Issuu on Google+

Bineka Untuk Maju Bimbingan Ikeda Sensei Mengenai Festival Kebudayaan

Makna dan Tujuan Festival Kebudayaan Festival kebudayaan yang diselenggarakan mempunyai tujuan untuk menegakkan ketiga pilar Soka Gakkai yakni: Perdamaian, Kebudayaan dan Pendidikan dan sebagai wadah pembinaan orang– orang berbakat khususnya bagi Generasi Muda serta untuk memperluas jaringan persahabatan. Untuk kesuksesan Festival Kebudayaan diselengarakan kampanye 100 Juta daimoku1 yang dilaksanakan oleh semua divisi yakni divisi bapak, ibu, pemuda, pemudi serta anak–anak. Kampanye daimoku telah dimulai dari tanggal 16 Maret yang lalu dan akan berakhir pada tanggal 24 Agustus 2013. Tema festival kebudayaan Nasional yang diadakan di Honbu2 Kepri 1 adalah “Bineka untuk Maju” yang bermakna meskipun kita berasal dari latar belakang yang berbeda, ras yang berbeda, suku Festival Kebudayaan 1. 2.

Melantunkan Nam-Myoho-Renge-Kyo Wilayah

yang berbeda, namun kita mempunyai satu keinginan untuk maju bersama–sama. Festival kebudayaan akan diadakan tanggal 24 Agustus 2013 bertempat di Swiss Belhotel Harbour Bay Batam yang berkapasitas 2000 penonton. Acara ini terbuka untuk umum dan tiket masuk adalah gratis. Marilah kita mengajak semua teman, saudara dan kenalan untuk sama–sama hadir pada acara festival kebudayaan. Untuk Info Lebih lanjut silakan hubungi Soka Gakkai Indonesia yang beralamat di Komp.Ruko Batu Batam Mas blok F No 7-8. (Samping RS Awal Bros) Kota Batam. Telp : (0778) 455 429 Fax : (0778) 455 438.

“Kebudayaan adalah ungkapan agung dari suara batin yang telah didengar oleh berbagai orang yang berbeda– beda di bumi di relung jiwa mereka, suara yang menyampaikan welas asih penuh tenaga dan kearifan dari jiwa alam semesta. Interaksi berbagai budaya yang berbeda– beda dapat memperkaya jiwa setiap orang dan membina mereka untuk saling memahami”

Daisaku Ikeda Presiden SOKA GAKKAI INTERNATIONAL

1


Kebudayaan Anak-anak

Saat latihan pada Kamis malam

Salah satu grup pengisi acara di festival kebudayaan adalah dari divisi anak–anak yang sangat ceria. Grup Kebudayaan anak–anak Honbu Kepri I sangat antusias untuk mengikuti sesi latihan yang mana merupakan proses pelatihan dasar untuk festival kebudayaan. Jadwal latihannya adalah di hari Kamis malam mulai

Senam Pemuda

Penampilan pada saat sport day Oktober 2011

Festival FestivalKebudayaan Kebudayaan

dari pukul 19.30 sampai dengan 20.30 WIB, pelatihnya juga didatangkan dari luar yang akan melatih pada hari Kamis kedua dan keempat sedangkan untuk minggu pertama dan minggu ketiga akan dilatih oleh Ibu Siswanti (Penanggung Jawab Grup Kebudayaan Anak–anak). Target peserta grup kebudayaan anak–anak adalah 50 orang. Ketentuan untuk mengikuti grup ini sangatlah mudah yakni anak–anak dari kelas 1 SD sampai kelas 6 SD. Mari kita sama-sama mengajak lebih banyak lagi anak–anak untuk bergabung di grup kebudayaan ini.

Grup Senam Pemuda adalah sebuah senam khusus buat divisi pemuda, juga salah satu acara yang akan ditampilkan pada festival kebudayaan yang akan datang. Senam pemuda di Honbu Kepri 1 dibentuk pada tanggal 28 Agustus 2011 dengan total anggota 33 pemuda, yang telah meraih tiga kali kemenangan pada penampilan di acara Sport Day pada Oktober 2011, penampilan di salah satu mall di Batam pada bulan Desember 2011, serta tampil di acara Festival Kebudayaan di Jambi pada bulan Nopember 2012. Menuju Festival Kebudayaan 24 Agustus nanti, grup Senam pemuda akan

menampilkan sesuatu yang lebih spektakuler dengan berkolaborasi dengan Senam Pemuda Indonesia, dan dari Honbu Kepri 1 menargetkan 50 pemuda yang bergabung. Sementara ini anggota grup Senam Pemuda di Honbu Kepri 1 adalah berjumlah 23 pemuda. Dengan ini kami mengajak teman–teman pemuda untuk bergabung dalam gelombang persahabatan untuk meciptakan sejarah kemenangan di grup Senam Pemuda.

2


Soka Youth Colour Guard Divisi Pemudi

Penampilan pada saat sport day tahun Oktober 2011

Grup Soka Youth Colour Guard (SYCG) divisi pemudi Honbu Kepri I ini jelas sangat bersemangat, melalui perjuangan yang ekstra untuk bangun di pagi hari, mereka sangat antusias mengikuti latihan di setiap hari Minggu pagi yakni dari pukul 07.15 sampai 09.00 WIB. Rencananya grup SYCG ini akan berkolaborasi dengan grup Dynamic Dance dari Jakarta. Grup ini merupakan grup kebudayaan pemudi yang ceria, kompak dan semangat.

Meskipun bukan profesional namun grup SYCG bertekad untuk menampilkan tarian bendera yang indah dari dasar hati. Kali ini grup SYCG mengutamakan teman baru untuk bergabung. Kriteria untuk mengikuti grup ini adalah pemudi pelajar sampai dewasa dengan tinggi ratarata 150 cm. Target anggota SYCG di Honbu Kepri 1 ini adalah 50 orang. Sampai saat ini sudah tergabung sekitar

30an pemudi. Pendaftaran masih dibuka sampai akhir Mei ini. Ayo pemudi, mari bergabung di grup SYCG silahkan menghubungi penanggung jawab grup SYCG: Valentine, Rien & Voni atau pimpinan pemudi masing–masing cabang atau daerah.

Penampilan angklung pada saat perayaan hari wanita Mei 2012

Angklung Divisi Ibu Grup ini merupakan grup kebudayaan dari divisi Ibu yang penuh dengan senyuman. Anggota grup angklung sampai saat ini ada sekitar 40an orang, Target peserta adalah sekitar 50 sampai 60an orang, sampai saat ini sudah bergabung sekitar 7 orang teman baru di grup angklung ini. Nah, ketentuan untuk ikut grup angklung ini juga sangat mudah, pastikan anda adalah divisi Ibu dan juga usianya maksimal adalah 50 tahun.

Festival Kebudayaan

Penanggung jawab grup angklung yakni Ibu Gektian menghimbau semua anggota di Honbu Kepri 1 untuk mengajak teman ataupun kenalan ibu untuk bergabung. Melalui grup angklung bisa mengasah bakat dari ibu–ibu sekalian. Ibu-ibu bukan hanya pintar mengatur rumah tangga, mengurusi anak–anak, namun juga mempunyai bakat yang terpendam yakni bisa bermain musik, dan luar biasanya di bagian ini meksipun kebanyakan dari mereka

tidak mengenal not lagu tetap bisa bermain angklung dengan baik. Inilah bukti nyata dari ketulusan hati dan kesungguhan dalam latihan.

3


Cerita Pengalaman Ibu

Asoi berbagi cerita kemenangan dalam perjuangannya melalui daimoku di pertemuan diskusi cabang Kampung Utama yang diadakan pada minggu keempat setiap bulannya. Pada awalnya, untuk mengikuti latihan angklung, Ibu Asoi selalu ikut mobil pimpinan Soka Gakkai yang bisa mengantarnya. Suatu hari, Ibu Asoi bertekad untuk belajar mengemudi mobil. Meskipun sudah bisa mengemudi namun belum memiliki keberanian untuk

Komp.Ruko Batu Batam Mas blok F No 7-8. (Samping RS Awal Bros) Kota Batam Telp : (0778) 455 429 Fax : (0778) 455 438

ketika bertekad kepada Objek penghormatan tertinggi, kita harus mewujudkannya dan harus berani. Pelan- pelan, Ibu Asoi menyetir mobil sambil terus daimoku di dalam hati, dan Ibu Asoi sukses melakukannya. Di dalam hatinya Ibu Asoi bertekad agar bisa mengantar teman-teman seperjuangan untuk mengikuti latihan angklung. Akhirnya, Ibu Asoi menang dalam melawan kelemahan dirinya sendiri.

Menuju Festival Kebudayaan

untuk bergabung di grup SYCG

Nasional Honbu Kepri 1, banyak perjuangan dari panitia dan peserta kebudayaan. Salah satunya adalah Sdri.Molly dari divisi pemudi yang merupakan anggota grup Soka Youth Colour Guard (SYCG). Molly menghadapi permasalahan dalam pekerjaannya. Namun Molly menghadapinya dengan semangat pantang menyerah. Molly selalu bersemangat mengajak teman–teman pemudi

dan menceritakan pentingnya menantang diri untuk

Diterbitkan oleh Soka Gakkai Indonesia

mengemudi sendiri. Selama ini Ibu Asoi selalu ditemani suaminya atau seseorang yang duduk di sampingnya. Pada hari Senin malam, ketika ingin pergi latihan angklung, Ibu Asoi meminta suaminya untuk menemani. Karena suaminya lagi sibuk maka Ibu Asoi bertekad untuk mengemudi mobil sendiri. Tetapi Ibu Asoi masih merasa takut dan belum percaya diri. Lalu, Ibu Asoi berdialog dengan penanggung jawab angklung yaitu Ibu Gektian. Ibu Gektian memberikan dorongan semangat bahwa

berdaimoku tidak hanya pada saat ada masalah namun juga pada saat gembira. Berdaimoku seperti menabung rezeki. Pada saat diperlukan bisa digunakan dan Molly yakin dengan mengikuti kegiatan Festival Kebudayaan ini, pasti bisa menang atas semua permasalahannya.

Total Update Daimoku Hingga 30 April 2013 Tarrget 100.000.000 Shibu3 Nagoya Shibu Batam Kota Shibu Barelang Shibu TBK

8.953.200 6.851.150 6.638.600 2.995.200

Total

25.438.150

Festival Kebudayaan 3.

Daerah

4


Buletin 1