Issuu on Google+

Operating System(OS)

Havannah Nadhifa


Apa Itu OS? seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. Contoh sistem operasi modern adalah • Linux • Android, • iOS, • Mac OS X • Microsoft Windows


Tujuan Dari OS? ďƒ˜ Menjalankan program dari user dan membantu user dalam menggunakan komputer. ďƒ˜ Menyediakan sarana sehingga pemakaian komputer menjadi mudah. ďƒ˜ Memanfaatkan perangkat keras komputer yang terbatas secara efisien.


Metode Instalasi OS Instalasi Baru Upgrade Instalasi Multi-boot Virtualisasi


Metode Instalasi OS 1.

Instalasi Baru

Kita bisa melakukan instalasi bersih pada komputer baru atau dalam kasuskasus di mana tidak ada jalur upgrade antara sistem operasi saat ini dan yang baru. Jenis menghapus instalasi semua data pada partisi hard disk dimana sistem operasi saat ini diinstal. Sebuah PC baru membutuhkan, tentu saja instalasi bersih. Anda juga dapat melakukan instalasi yang bersih pada saat instalasi sistem operasi saat ini telah rusak atau file tidak bekerja dengan benar.


Metode Instalasi OS 2. Upgrade Instalasi Kadang-kadang, juga memungkinkan untuk melakukan upgrade. Ketika Anda melakukan upgrade, OS pengaturan konfigurasi, program yang diinstal dan data yang diawetkan. Dengan instalasi ini Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tidak akan kehilangan data pribadi. Anda hanya akan mengganti file sistem operasi lama dengan, file baru ditingkatkan. Namun, perlu diingat bahwa setelah upgrade aplikasi dan driver yang tidak kompatibel dengan OS yang baru tidak akan bekerja seperti yang diharapkan.


Metode Instalasi OS 3. Instalasi Multi Booting Pilihan lain adalah dengan menginstal beberapa sistem operasi pada satu komputer. contoh komputer anda berisi OS Linux,Windows XP,98,2003 dll. Anda dapat menginstal setiap OS di dalam partisi disk yang berbeda dan cara ini setiap OS akan memiliki file sendiri dan pengaturan konfigurasi. Pada multiboot instalasi, pengguna melihat menu ketika mereka membuka komputer mereka dan mereka harus memilih OS yang diinginkan. Tentu saja, hanya satu sistem operasi dapat berjalan pada satu waktu


Metode Instalasi OS 4. Virtualisasi Virtualisasi adalah teknik yang sering digunakan pada server. Hal ini memungkinkan beberapa salinan dari sebuah OS yang akan dijalankan pada satu set perangkat keras, sehingga menciptakan banyak mesin virtual. Setiap mesin virtual dapat diperlakukan sebagai komputer yang terpisah. Hal ini memungkinkan sumber daya fisik tunggal untuk berfungsi sebagai beberapa sumber daya logis.


Maintaining The Operation System Setelah penginstalan OS kita harus jaga OS kita agar selalu Up To Date dengan patch baru. Patch sendiri adalah potongan kecil software yang didesain untuk meng-update program. Biasanya patch ini disediakan oleh pembuat program. Komputer harus terus diupdate dengan patch terbaru kecuali ada alasan untuk tidak melakukannya. Kadang-kadang patch dapat memberikan dampak negatif pengoperasian fitur sistem lain. Dampak dari patch harus dipahami dengan jelas sebelum diterapkan. Informasi ini biasanya dapat ditemukan di situs web produsen perangkat lunak.


Selesai

Terima Kasih


Operation sistem