Issuu on Google+

ran

a Ece

Harg

500

Rp 1.

Semarang Banget EDISI 073, RABU, 4 November 2009  Terbit 12 Halaman  Redaksi Telp (024) - 3512771, Fax. 024 - 3516531  Iklan & Sirkulasi Telp. (024) 3518359, Fax. (024) 3516531

Masuk Muri, Tampil di ”Kick Andy”

PSIS di Zona Tengah

TIDAK semua anak dikaruniai kepintaran yang luar biasa. Tetapi Moh Itqon Alexander mendapatkan itu. Namanya tercatat di MURI sebagai pembaca peta dunia termuda. Ia juga hapal 194 ibukota negara dan provinsi di Indonesia. ”Kick Andy” pun tertarik mengundangnya.

DI pentas Kompetisi Divisi Utama musim 2009/2010, PSIS masuk zona tengah, dengan lawanlawan yang kekuatannya bukan sembarangan. Siapa saja calon rival Mahesa Jenar?

Halaman 3

Dewi Persik Lesbian?

Halaman 6

ADA kabar baru dari penyanyi dangdut sensual Dewi Persik. Bukan soal album atau film anyarnya. Bukan pula soal lelaki idaman. Yang ini soal isu lesbian. Benarkan pemilik goyang gergaji itu penyuka sesama jenis?

Halaman 12

Warga Tolak Depo Sampah Di Kelurahan Pendrikan Lor Gagal Temui Dewan

PENEMPATAN kontainer atau depo sampah di Jalan Abimanyu Raya, Kelurahan Pendrikan Lor, Semarang Tengah menuai protes. Warga sekitar depo menolak adanya kontainer sampah di dekat Masjid Siti Fatimah. Alasannya, depo sampah itu terlalu dekat dengan beberapa fasilitas umum, antara lain masjid, serta berada di tengah pemukiman padat penduduk.

S

elain itu di sana juga ada fasilitas umum lainnya, seperti SD Negeri 03-04 Pendrikan Lor, kampus Akademi Akuntasi Efendi Harahap, kantor notaris dan pedagang kaki lima. Mereka pun mengadukan persoalan itu ke DPRD Kota Sema-

rang, kemarin. Tapi sayang, di kantor legislatif ini, mereka kebingungan harus mengadukan persoalan tersebut ke siapa. Pasalnya, kinerja-kinerja komisi saat ini dihentikan menyusul masih adanya kisruh perebutan komisi-komisi. Bersambung ke Hal 11

HARSEM/CUN CAHYA

Dua kontainer sampah yang diprotes warga karena penempatannya dekat masjid dan pemukiman

Dukung KPK, Kebutuhan PNS Korban Dijerat & Diinjak Mahasiswa Tahlilan Masih Kurang D K

Jajaran Resmob Polres Semarang Selatan yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim AKP Gandung Sardjito, kemarin menggelar reka ulang atau ,rekonstruksi pembunuhan itu di lima tempat lokasi di wilayah Mijen, Semarang.

UKUNGAN terhadap keberadaan KPK terus bergulir dari berbagai lapisan masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan sekitar tujuh mahasiswa Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang yang tergabung dalam Aliansi BEM Seluruh Indonesia. Aksi dukungan terhadap KPK yang dilakukan di depan Mapolda Jateng kemarin, mendapat pengawalan ketat dari polisi. Mengenakan baju serba hitam, dan membawa keranda serta melakukan tabur bunga, para mahasiswa menggelar tahlilan sebagai protes atas matinya hukum di Indonesia. Koordinator aksi, Hanityo KN mengatakan, aksi yang dilakukan tersebut untuk mendukung keberadaan KPK dalam memberantas korupsi di negeri ini.

Bersambung ke Hal 11

Bersambung ke Hal 11

EBUTUHAN PNS (pegawai negeri sipil) di Jawa Tengah masih lebih tinggi dibanding formasi yang tersedia dalam seleksi setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan jumlah PNS yang pensiun masih lebih banyak dibanding PNS baru yang diterima. Ketua Panitia Seleksi CPNS Jawa Tengah tahun 2009, Hadi Prabowo membenarkan, kebutuhan CPNS di Jateng memang tinggi karena jumlah PNS yang pensiun setiap tahunnya masih jauh lebih besar dibanding jumlah yang diterima saat proses seleksi. Bersambung ke Hal 11

Sholat Jadwal

Dhuhur 11.22

Ashar 14.34

Magrib 17.31

Isya 18.43

Subuh 03.52

Sumber: Lajnah Falakiyah PWNU Jateng

Mbahe Sangkil

HARSEM/HERY

Peragaan pembunuhan dalam reka ulang kemarin

S

ADIS, kalau boleh dibilang sangat telengas mengenai cara pembunuhan yang dilakukan para tersangka kasus pembunuhan di Goa Kreo beberapa waktu yang lalu. Sang korban benar–benar dihabisi dengan cara biadab dan tidak berperikemanusiaan.

PEMBUNUHAN DI GOA KREO

HARSEM/CUN CAHYA

Mahasiswa tahlilan dukung KPK

Jambak-Jambakan di Pengadilan Agama

D

I luar sepengetahuan hakim maupun panitera, pasangan suami istri yang saling gugat cerai sering bertengkar di luar sidang. Tukar padu, pisuhpisuhan, bahkan jambakjambakan sering terjadi di halaman parkir kantor Pengadilan Agama (PA) Kota Semarang.

Seperti halnya saat Harsem nyanggong di Pengadilan Agama, Selasa kemarin. Seorang wanita berusia sekitar 30-an terlihat menarik-narik baju lelaki dengan kasar di parkiran sepeda motor halaman Pengadilan Agama Semarang. Sementara si lelaki yang tak lain suami sahnya, juga tak

kalah kasarnya. Dia menjambak rambut istrinya. Adegannya jadi mirip sinetron. Terjadi tarik-tarikan disertai umpatan. Usut punya usut, ternyata, si istri sebut saja bernama Ira, sangat jengkel dengan ulah suaminya yang kasar. Selama empat tahun perkawinannya, Dodi (nama samaran sua-

minya) kerap berlaku kasar kepadanya. Dodi ringan tangan menempeleng atau mencubit Ira, jika dianggap salah. Setiap menyakitinya itu, Dodi selalu sambil mencaci-maki. Semula Ira sabar atas penganiayaan yang diterimanya. Dia juga takut melawan. Deritanya dia tahan

sekuat hati. “Toh tidak sampai luka serius. Sebatas rasa sakit sebentar,” begitu kesah Ira dalam kesendiriannya. Memang, wanita cenderung punya ketabahan yang hampir tiada batas. Sekaligus pintu maaf yang senantiasa terbuka lebar. Bersambung ke Hal 11

2

KOTA

HARIAN SEMARANG

35 Pejabat Undip Dilantik

S

EORANG pemimpin butuh moralitas yang tinggi, tidak hanya sekedar pamer performa fisik dan intelektualitas. Demikian disampaikan Rektor Undip Prof Susilo Wibowo pada pelantikan pejabat baru di lingkungan Undip, belum lama ini. Terdapat 35 orang yang dilantik, yaitu Pembantu Dekan II Fakultas Hukum, Ketua dan Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, Ketua dan Sekretaris Program Doktor, Program Magister, Program S1 dan Diploma III periode 2009 - 2013. Susilo menegaskan, pemimpin sangat penting dalam menunjukkan perilaku yang baik dan jujur pada bawahan. “Karena pimpinan akan menjadi teladan yang baik dan menjauhkan keinginan untuk melakukan tindakan seperti indisipliner dan korupsi,” katanya. Selain itu Susilo meminta agar para pejabat yang dilantik mau dan bersedia untuk bekerja keras bersama dengan tim di masing-masing. Hal ini untuk mewujudkan visi dan misi Undip menjadi World Class University lebih cepat terealisasi. (puji)

PDIP dan PKS

Rencanakan Koalisi Merah Putih A HARSEM/CUN CAHYA

Warta Kota

RABU 4 November 2009

JPO Jl Pemuda Tidak Lazim

B

ERDIRINYA bangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Pemuda, tepatnya di depan SMA 5 Semarang, dinilai DPRD Kota Semarang sebagai bangunan yang tidak lazim. Untuk itu, rekomendasi pembongkaran harus dikeluarkan, dan pemkot diminta melaksanakan rekomendasi itu. Pasalnya, hingga saat ini, pembangunan JPO itu belum mengantongi izin IMB. Bahkan, Dinas Penerangan Jalan Umum dan Pengelolaan Reklame, sudah merekomendasikan agar pembangunan JPO dihentikan. Tetapi pembangunan tidak dihentikan, malah diteruskan hingga selesai dan berdiri seperti sekarang yang terlihat. Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Agung Budi Margono mengatakan, pembangunan JPO di Jalan Pemuda itu sangat tidak tepat. Apalagi, pembangunan itu menggunakan izin reklame dan bukan izin pendirian bangunan (JPO). Seharusnya, jika melihat bangunan JPO itu, salah satu izin yang harus dikantongi izin pendirian bangunan, dan bukan sekedar izin pendirian titik reklame. (abas)

Rektor Undip Setuju Penggabungan UN-SMPTN

R

EKTOR Undip Prof Susilo Wibowo menyetujui wacana penggabungan antara Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). “Namun, pemerintah sebelumnya harus melakukan validasi terhadap kebenaran hasil UN, dan memberikan jaminan hasil UN memang benar-benar mencerminkan kemampuan siswa yang bersangkutan,” katanya, belum lama ini. Menurut dia, selama ini masih ditemukan oknum guru atau sekolah melakukan kecurangan dan berupaya untuk membantu para siswanya agar lulus UN, dan kecurangan yang dilakukan itu justru mencoreng citra UN. Selain itu, sistem UN yang buruk juga dibuktikan dengan adanya kepala sekolah yang diperiksa karena diduga menjadi “tim sukses” agar siswanya lulus UN dan ada juga siswa di sekolah pedalaman justru lulus dengan nilai sangat bagus. “Bagaimana mungkin hasil UN di daerah pelosok yang kondisi siswa, kemampuan guru, dan fasilitas penunjangnya tidak sebagus di kota justru hasilnya lebih bagus. Hal itu sebenarnya mungkin saja, namun perlu dipertanyakan,” katanya. Berkaitan dengan hal itu, ia menilai bahwa hasil UN selama ini memang belum valid, sehingga belum dapat digunakan untuk mengukur atau memetakan kondisi pendidikan di Indonesia secara komprehensif. (ant)

Agenda Diskusi Arsitektur dan Desain FAKULTAS Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata menyelenggarakan Serial Diskusi Arsitektur dan Desain (SDAD), Jumat, (6/11), pukul 14.00 di ruang teater gedung Thomas Aquinas. Diskusi menghadirkan dosen National University of Singapore (NUS) Johanes Widodo yang membagikan pengalaman dan contoh-contoh nyata terhadap fenomena “Arsitektur & Desain Singapura”. Info: Paulus Haryono (08164242952) atau Bayu (08156010764). (dayat)

HUT Ke-50 Penerbad

MEMPERINGATI HUT Ke-50 Penerbad yang dipusatkan di Pangkalan Udara Ahmad Yani, pada 6-8 November akan diadakan pameran alutsista yang didukung peserta pameran antara lain Akpol, Akmil, PTDI serta Ajendam IV/Diponegoro. (dayat)

Seminar Bisnis Properti

TERNYATA bisa menjadi pengusaha tanpa modal dengan berbisnis properti. Apa saja strateginya? Ikuti Seminar Spektakuler “Dahsyatnya Bisnis Properti” hari ini, pukul 19.00, di Hotel Novotel Jl Pemuda. Info: Siwi (087839608029), Dinda (087877399623). (dayat)

Lomba di Daniel Creative School DANIEL Creative School Elementary Puri Anjasmoro mengadakan lomba fotogenik, Bahasa Inggris, mewarnai, dan water game. Lomba dalam acara Sparkling Purple Night itu berlangsung Sabtu (7/11) mulai pukul 13.00 dimeriahkan mini bazar, hiburan, dan pembagian doorprize. Info sekretariat panitia 024-7622444, 3561620. (dayat)

Lomba Nyanyi Keroncong LOMBA nyanyi lagu keroncong tingkat Jateng akan digelar memperebutkan trofi Gubernur dan Kapolda, uang pembinaan, dan piagam. Syarat peserta remaja/dewasa pria dan wanita, usia 15-25 tahun dengan uang pendaftaran Rp 20 ribu. Pengambilan nada hari ini pukul 09.00 di Kantor PP Polri Jl S Parman 26. Babak penyisihan (5/11) di tempat sama, dan final (6/11) pukul 19.30, di Gedung Borobudur Polda Jl Pahlawan 1 Semarang. Pendaftaran di Kantor PP Polri telp 024-8411130 atau SMS 081325383343. (dayat)

Rektor Undip bersama pemenang Eagle Award

‘Gorilla dari Gang Buntu’ Raih Eagle Award

S

ETELAH masuk nominasi lima besar, film dokumenter karya dua mahasiswa Undip “Gorilla dari Gang Buntu”, jadi pemenang Eagle Award yang diselenggarakan Metro TV. Film tersebut menceritakan kisah warga pribumi di sekitar wilayah Gang Buntu, terutama dalam mengolah otot dan menjaga kebugaran dengan mendirikan tempat fitness dengan alat seadanya. Film dokumenter tersebut karya Bambang Rahmanto, mahasiswa jurusan Sejarah angkatan 2005 dan Rio HP, mahasiswa jurusan Komunikasi angkatan 2005. Bambang dalam jum-

pa persnya belum lama ini mengaku, sangat bahagia dengan piala dan berbagai hadiah yang didapat. “Dengan mengikuti ajang ini, kami mendapatkan banyak pengalaman yang nantinya diharapkan akan saya pakai untuk menghasilkan karya-karya lainnya. Saya ingin tetap di dunia sinematografi,” katanya. Rektor Undip Prof Susilo Wibowo mengatakan, prestasi kedua mahasiswanya patut dibanggakan. Seperti halnya mahasiswa yang berprestasi tingkat nasional lainnya, mereka juga akan mendapatkan sertifikat serta dana rasa syukur. “Prestasi tersebut menun-

Lomba Desain Pasar Johar Batal

R

ENCANA Dinas Pasar Kota Semarang mengadakan Lomba Desain Pasar Johar, akhirnya kandas di tengah jalan. Salah satu penyebab utamanya kisruh di DPRD Kota Semarang. Perebutan pimpinan komisi di legislatif ini, membuat pembahasan APBD Perubahan 2009 terbengkalai. Hingga akibatnya, agenda pemerintahan jadi korban. Salah satu korbannya, Lomba Desain Pasar Johar. Sekretaris Dinas Pasar Kota Semarang, Wiyarto, dalam jumpa pers di ruang Media Centre Balaikota kemarin, mengaku terpaksa harus membatalkan lomba tersebut, yang pendaftarannya dibuka sejak 16 Oktober lalu. “Mepetnya waktu yang tersisa tahun ini, atau hanya tinggal satu bulan setengah lagi, kami rasa sangat pendek. Apalagi ada sinyalemen, kisruh perebutan komisi di DPRD hingga kini belum memperlihatkan titik terang. Sehingga, kami tak mau ambil resiko dengan meneruskan kegiatan ini,” tutur Wiyarto,

didampingi Kasi Pemberitaan Bagian Humas Pemkot, Achyani. Format Revitalisasi Lomba itu dilaksanakan Dinas Pasar bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indoensia (IAI) Jateng, bertujuan mencari sumbangan pemikiran untuk pemkot, yaitu format revitalisasi yang tepat bagi kawasan Pasar Johar ke depan. “Hingga kini, ide merevitalisasi Pasar Johar telah memasuki tahap keempat. Bahkan rencana revitalisasi ini terus menerus mengalami kemunduran yang cukup signifikan. Akibatnya, para pedagang di kawasan Pasar Johar menjadi resah,” ungkapnya. Jika lomba desain jadi dilaksanakan dan ada masukan banyak terkait dengan rencana revitalisasi, kemudian diambil yang terbaik dan tidak merugikan seluruh pelaku Pasar Johar dan pemkot, pihaknya yakin, rencana revitalisasi akan berjalan mulus. Meski terjadi penundaan, Wiyarto tetap akan mengadakan lomba desain ini pada tahun 2010 mendatang. (abas)

jukkan, sineas-sineas muda Semarang juga bisa bersaing dengan sineas kota lain yang lebih berpengalaman. Semoga muncul prestasi dari mahasiswa lainnya,” tambahnya. Terkait dengan sarana dan prasarana kampus, Susilo mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan berbagai ruang untuk broadcast dan televisi kampus. “Sedang dipersiapkan, pemancar serta berbagai peralatan lainnya. Kemungkinan awal tahun depan bisa digunakan, sehingga Undip akan memiliki ruang studio tv, radio dan berbagai penunjang lain,” tambahnya. (puji)

K

PDIP dengan basis massa yang kuat di masyarakat tingkat bawah, dengan fanatisme tinggi dari kader, akan semakin digdaya jika PKS masuk dan menggarap masyarakat perkotaan dengan tingkat pendidikan tinggi. “PDIP saat ini tertarik ke arah agama, sehingga mendirikan Baitul Muslimin Indonesia atau BMI. Sementara PKS, ingin menjadi salah satu bagian dari barisan terdepan kaum nasionalis. Semoga saja Koalisi Merah Putih ini berhasil, sehingga bisa menjadi percontohan bagi kader kedua partai di seluruh Indonesia,” terang Johan. Sangat Terbuka Menanggapi tawaran tersebut, Ketua DPC PDIP Kota Semarang Sriyono hanya tersenyum simpul. Dengan sikap diplomatisnya yang enteng namun penuh optimisme, ia mengatakan, peluang terbentuknya Koalisi Merah Putih memang sangat terbuka. Apalagi dengan adanya koalisi ini, peluang PDIP mengusung calon dari kader internalnya juga sangat kuat dan terbuka. “Saya pikir, jika koalisi ini terbentuk, peluang memenangkan juga sangat terbuka. Pasalnya, kita memang memiliki sejumlah kesamaan,” katanya. Ketua panitia diskusi, Nur Kholis mengatakan, diskusi tersebut sebenarnya diagendakan setiap bulan oleh DPD PKS Kota Semarang. Dan kebetulan, topik terkait dengan rencana koalisi antara PKS dan PDIP, menghangat di kalangan kader PKS dan PDIP. (abas)

Kesadaran Minum Susu Masih Rendah

HARSEM/CUN CAHYA

Para pejabat kampanye minum susu

U

NTUK mengajak masyarakat lebih mengenal manfaat susu, Fakultas Peternakan Undip menggelar Gerimis atau “Gerakan Minum Susu Segar” di kampus Undip Tembalang, belum lama ini. Dekan Fakultas Peternakan Undip Joelal Achmadi mengatakan, di Indonesia sekarang terdapat masalah konsumsi, produksi dan tata niaga susu. “Sebanyak 70% produk susu saat ini impor. Sistem peternakan sapi perah juga belum efisien karena 25% susu sapi perah ada di Pulau Jawa,” katanya. Lebih lanjut ia mengatakan, manfaat susu

Pimpinan Komisi Ada yang Ngeyel

ISRUH perebutan pimpinan komisikomisi di DPRD Kota Semarang sebenarnya sudah bisa terselesaikan. Apalagi, beberapa anggota fraksi sudah ada yang memiliki sifat lembah manah (berbesar hati melepaskan jabatan). Namun ada anggota lainnya yang masih ngeyel menduduki kursi pimpinan komisi. Alhasil, rapat pimpinan fraksi yang digadang-gadang juga tidak membuahkan hasil yang cukup maksimal. Bahkan, persoalan justru tambah meruncing lantaran beberapa pimpinan fraksi ada yang sengaja menghindari pertemuan itu dengan sejumlah alasan. Salah satu alasannya, undangan masih atas nama Rudi Nurrahmat, Ketua DPRD Kota Semarang. Sebagian Ketua Fraksi DPRD Kota, masih ada yang tidak mengakui jika pimpinan DPRD periode 2009-2014 adalah Rudi Nurrahmat, meskipun gubernur sudah mengeluarkan SK atas kepemimpinan Rudi.

DA kesamaan antara PDIP dengan PKS, yang dijadikan dasar rencana Koalisi Merah Putih. Koalisi ini pula yang pernah digagas kedua pimpinan partai di tingkat pusat. Jika tidak ada aral melintang, Koalisi Merah Putih ini akan terjadi di Kota Semarang, untuk mengusung pasangan calon walikota dan wakil walikota dalam Pilwakot 2010 mendatang. Ketua DPD PKS Kota Semarang, Johan Rifai di selasela Diskusi Pilkada “Menggagas Koalisi Merah Putih” di ruang rapat DPD PKS Jalan Barusari semalam mengatakan, di antara kesamaan yang dimiliki PKS dan PDIP, keduanya memiliki basis massa kuat dengan loyalitas tinggi. “Terutama di Kota Semarang, basis massa PDIP kami akui sangat kuat dengan fanatisme serta loyalitas yang sangat tinggi. Kondisi ini tak jauh berbeda dengan kami,” ungkapnya. Sehingga, alangkah indahnya jika dua partai ini bersatu mengusung pasangan calon untuk pilwalkot mendatang. Tentu, peluang untuk mengantarkan pasangan calon memenangkan kursi walikota dan wakil walikota cukup besar. Basis Massa Di sisi lain, PDIP punya semangat nasionalisme yang kuat, sementara partainya, memiliki konsistensi kebersihan dalam berpolitik. Sehingga, kesatuan dan persatuan kedua parpol ini akan menjadi bagian yang saling melengkapi menuju kesempurnaan parpol, seperti diharapkan masyarakat.

Misalnya Ketua Fraksi Golkar Bambang Raya Saputra atau BR, begitu biasa ia disapa, lebih mengakui Wakil Ketua dari PDIP Sriyono ketimbang Rudi. “Pimpinan bukan hanya saudara Rudi Nurrahmat. Tetapi juga ada Pak Sriyono. Dan kami sangat mengakui kepemimpinan Pak Sriyono. Sehingga, kami akan senang bila rapat pimpinan fraksi dipimpin beliau,” ujar Bambang beberapa waktu lalu. Sejumlah anggota fraksi dari Partai Demokrat dan PKS, sebenarnya sudah ada yang bersedia melepaskan jabatan komisinya. Di antaranya Novriadi yang bersedia melepaskan jabatan Wakil Ketua Komisi A, dan Fajar Adi dari jabatan Sekretaris Komisi D. Juga Johan Rifai dari Fraksi PKS yang mau melepaskan posisi Wakil Ketua Komisi D. Ketiganya dengan lembah manah bersedia melepaskan jabatanjabatan itu agar persoalan kisruh ini cepat terselesaikan. (abas)

bagi kesehatan tidak diragukan lagi, karena hampir semua zat gizi yang terdapat dalam susu bermutu baik. Protein dan lemak susu memiliki sifat ketercernaan yang tinggi. Kandungan vitamin dan mineral susu juga cukup lengkap. “Acara ini sangat bermanfaat untuk menyosialisasikan gerakan minum susu,” ungkapnya. Konsumsi susu di Indonesia, saat ini menempati urutan terendah se-Asia, hanya sebesar 9 liter per kapita per tahun. “Ini, masih sangat rendah dibanding Malaysia yang mencapai 20 liter per kapita per tahun dan Vietnam 11,2

liter per kapita per tahun. Sedangkan tertinggi Finlandia 184 liter per kapita per tahun,” katanya. Hal ini menurutnya, masyarakat masih menganggap susu jadi barang mewah. Selain itu terdapat beberapa faktor yang menjadi hambatan untuk menggalakkan budaya minum susu, yakni produksi susu lokal dan kesadaran masyarakat akan minum susu masih rendah dari negara lain. Acara ini juga dilaksanakan dalam rangka Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Peternakan Tingkat SMU/SMK se-Indonesia 2009. Pemenang lomba akan mendapatkan tropi dari Menteri Pertanian. Selain itu juga diselenggarakan penandatanganan nota kesepakatan kerja sama antara Fakultas Peternakan Undip dengan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Bupati Semarang, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang, pabrik pengolahan susu CV Cita Nasional, koperasi susu Andini Luhur, KUD Susu Mekar dan pabrik pakan sapi Berkah Intan Sentosa. (puji)

Kaum Yahudi

Balik Ndesa Nggusur Al Aqsha

U

LAH Israel yang menggali terowongan di Masjid Al Aqsha Palestina mengundang keprihatinan kalangan Pemuda Anshor Kecamatan Genuk. Melalui diskusi tematik yang menghadirkan mantan Ketua PW NU Ahmad Bukhari Masruri di Masjid Baitul Muttaqin Genuksari Kecamatan Genuk Semarang, belum lama ini mereka mengecam aksi Kaum Zionis tersebut. Dalam ceramah “Konflik Masjidil Aqsha, Sejarah dan Solusinya”, ulama kharismatis ini menyatakan upaya kaum Yahudi menghancurkan masjid suci ini berdasar klaim makam Nabi Sulaiman di tempat itu. Selain itu, kaum Yahudi juga

berniat menguasai Palestina dengan dalih tanah tersebut warisan Nabi Sulaiman. “Dengan kata lain, kaum Yahudi ingin balik ndesa mbangun desa,” guraunya. Namun klaim itu sama sekali tak berdasar. “Benar Nabi Sulaiman dulu berkuasa di Palestina, tak berarti mereka berhak mewarisinya. Apalagi kaum zionis telah mengingkari ajaran Nabi Sulaiman,” jelasnya. Bukhari mengungkapkan, sejak jaman Rasululah, kaum Yahudi dikenal sebagai tukang onar dan rekayasa. Berbagai perang besar yang melibatkan banyak negarapun merupakan ulah kaum tersebut. (panji)

KOTA

RABU 4 November 2009 WARTA KAMPUNG

NING KUTHO MBANGUN KUTHO

Murid TK se-Kota Semarang Gelar Pentas Seni TEGALSARI-Dinas Pendidikan Kota Semarang, bekerjasama dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Islam Semarang, hari ini menggelar pentas seni di tempat rekreasi Wonderia. Acara ini merupakan agenda tahunan Dinas Pendidikan Kota Semarang. Munjiah, Ketua IGTKI menyatakan, pihaknya hanya sebatas melaksanakan agenda tersebut, yang tahun ini merupakan pelaksanaan kedua. Ditambahkan, tiap kecamatan bebas menentukan TK mana yang akan tampil ataupun kesenian apa yang akan ditampilkan. “Bisa jadi kecamatan menunjuk satu TK saja. Tapi bisa juga menunjuk beberapa TK sebagai wakil atau bahkan seluruh TK yang ada, untuk tampil dalam acara tersebut,” kata Munjiah. (dayat)

Tasyakuran Renovasi TKIT-SDIT Harapan Bunda PEDURUNGAN –TKIT-SDIT Harapan Bunda di Jl Brigjen Soediarto Pedurungan mengadakan acara peresmian dan tasyakuran atas selesainya renovasi kampus TKIT-SDIT Harapan Bunda belum lama ini. Hadir dalam acara tersebut, para tamu undangan dari Komite Sekolah dan para donatur yang telah mendukung atas suksesnya renovasi ini. Renovasi gedung memakan waktu dua bulan dan menghabiskan dana Rp 269.855.500. Acara tasyakuran juga syukuran suksesnya penilaian akreditasi dari Dinas Pendidikan Kota Semarang dengan hasil memuaskan. Memberikan sambutan dan menyampaikan cerita sejarah sekolah ini, KH Wakhid Hasyim, wakil dari Yayasan Fastabiqul Khoirot, Rini Tri Utami (Ketua Yayasan Bakti Ibu), Tadzkirotul Latifah, wakil dari panitia dan Abbas (Ketua Komite Sekolah). Peresmian renovasi dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Khoiron, Ketua Yayasan Fastabiqul Khoirot. (dayat)

RW 07 Kelurahan Wonolopo Kampung Terang Hemat Energi WONOLOPO-RW 07 Desa Wonolopo Kecamatan Mijen, sekarang sudah memiliki penerangan yang memadai dari PT Philips Nasional dengan program “Kampung Terang Hemat Energi” (KTHE). “Sekarang penerangan jalan di lingkungan warga sudah ada, berkat sumbangan dari Philips,” ujar Safiatun, Sekretaris Lurah Wonolopo. Dengan adanya penerangan jalan, warga dapat lebih tenang menjalankan aktivitasnya di malam hari. “Warga antusias dan senang sekali dengan adanya program ini. Kira-kira ada 100 titik lampu penerangan jalan yang diberikan Philips,” ujarnya. Selain itu Philips juga membagikan 100 lampu pijar dan ada juga yang dijual hanya dengan setengah harga. (lissa)

Kelurahan Pendrikan Lor

Susah Cari Penampungan Sampah Rencana pembangunan Waduk Jatibarang dan normalisasi sungai Banjir Kanal Barat membawa efek lanjutan yang sangat panjang. Salah satunya adalah masalah pemindahan kontainer sampah, seperti yang dialami Kelurahan Pendrikan Lor.

D

UA kontainer sampah milik kelurahan ini terletak di Jalan Kokrosono, yang menurut rencana akan terkena proyek normalisasi Banjir Kanal Barat. Akibatnya, kontainer tersebut harus dipindahkan. Hal inilah yang masih menjadi pemikiran bagi Sumanto, Lurah Pendrikan Lor. Pendrikan Lor termasuk kelurahan di tengah kota yang tergolong padat. Hampir tidak ada lahan kosong yang cukup luas. Kelurahan ini terdiri dari 6 RW dan 43 RT, dengan jumlah KK 1.614 dan penduduk yang mencapai 7.393 jiwa. Batas wilayah ini, Jalan Indraprasta, Jalan Imam Bonjol, rel kereta api, dan Jalan Kokrosono. Saling Lempar “Tidak mudah mencari tempat pengganti, karena lahan tersebut harus lahan yang bebas, bisa diakses truk sampah dan yang terpenting bukan milik perorangan,”

kata Sumanto. Menurutnya, pihak kelurahan telah melakukan survei lokasi ke empat titik. Dua titik akhirnya dibatalkan karena tidak sesuai dengan persyaratan. Sementara untuk dua bakal lokasi berikutnya, terjadi perdebatan yang cukup sengit. Dua lokasi tersebut di RW 06 di Jalan Kokrosono dan RW 04 di Jalan Abimanyu Raya. Namun mereka saling melempar tanggungjawab, tidak mau wilayahnya jadi tempat kontainer sampah. “Setiap rapat yang kami adakan selalu menemui jalan buntu, tidak pernah ada kesepakatan. Hingga akhirnya dalam rapat yang terakhir diambil keputusan mendatangkan pihak ketiga, yang bertugas menilai kelayakan dari dua lokasi tersebut,” ungkap Sumanto. Sesuai dengan keputusan rapat, maka didatangkanlah pihak ketiga yang dianggap netral untuk mengambil keputusan. Mereka Camat

Mahfudz Ali Serahkan Bantuan Usaha Ekonomi Desa

HARSEM/DOK

Mahfudz Ali bersilaturahmi dengan warga Tlogomulyo

S

EKALI merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Peribahasa itu patut diterapkan untuk kegiatan jalan sehat yang biasa dilakukan pejabat pemkot. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, jalan sehat juga bisa digunakan sarana silaturahmi antara warga masyarakat dan pemkot. Selain itu, dapat diperoleh masukan dan saran mengenai kondisi di lapangan, seperti sarana pasarana jalan, saluran air, selokan, dan sungai. Kemarin, jalan sehat kembali dilaksanakan, menempuh jarak 2 km di Kelurahan Tlogomulyo, Kecamatan Pedurungan,

dipimpin Wakil Walikota H Mahfudz Ali, didampingi para asisten, kepala SKPD, camat serta lurah. Kegiatan itu juga diikuti oleh FIM, KIM, RT, RW, Tim Penggerak (TP) PKK, serta warga Tlogomulyo. Dalam kesempatan tersebut, wakil walikota menyerahkan santunan kematian kepada Kusdi dan Eko Siswanto selaku ahli waris almarhumah Patimah dan almarhum Febrian Eko Saputro. Bantuan UED (Usaha Ekonomi Desa) Rp 5 juta juga diserahkan kepada Ny Hartadi, selaku perwakilan TP PKK Kelurahan Tlogomulyo.

Selanjutnya, didampingi Camat Pedurungan, Mahfudz menyerahkan bantuan 2.250 bibit pohon mangga dari Dinas Pertanian Kota Semarang kepada perwakilan kecamatan, tokoh masyarakat, dan TP PKK, yang masing-masing diterima Ahmad, Fuad, dan Ny Solihin. Mahfudz mengimbau, agarwarga dapat lebih menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan. “Pemkot telah mengagendakan kegiatan kerjabakti massal untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan tersebut upaya menempatkan sikap hidup bersih sebagai budaya hidup masyarakat Kota Semarang,” ungkapnya. Sarana prasarana yang telah dibangun pemerintah, harus ikut dijaga, dirawat dan dipelihara seluruh warga. Saat ini sedang dibahas dana pendampingan PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) guna membantu pembangunan pemberdayaan masyarakat, di mana 70%-nya dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, sisanya untuk ekonomi dan sosial.

Satu Kata Terkait dengan musim penghujan, Mahfudz mengungkapkan, kemungkinan masih tergenangnya wilayah Kaligawe dan Sawah Besar. Untuk mengatasinya, dibutuhkan kebersamaan masyarakat dan pemerintah. “Masyarakat dan pemerintah harus satu kata. Kami juga mengusulkan diterbitkannya penghargaan bagi warga yang bekerjasama secara aktif untuk pembangunan kota, misalnya membersihkan sungai,” ungkapnya. Pada 2010, pemkot akan memulai proyek pembangunan Waduk Jatibarang, Kali Tenggang dan sumur pompa Kali Asin dan Baru, Semarang, serta Banjir Kanal Barat, yang selain difungsikan sebagai pengentasan masalah banjir, juga penyediaan sarana air. Keberadaan sumur pompa untuk memindahkan air dari sekitar rusunawa menuju Banjir Kanal Timur. Banjir Kanal Timur rencananya akan dikeruk dan dinormalisasi karena sedimentasi yang cukup tinggi. “Insya Allah, Sawah Besar, Kaligawe dan Muktiharjo tidak akan tergenang,” ungkap nya. (dayat)

Kerja Bakti Massal Kelurahan Sumurboto

K

ELURAHAN Sumurboto mengadakan kegiatan kerjabakti massal untuk menjaga kebersihan, serta sebagai langkah preventif penyebaran penyakit menjelang musim penghujan. Kerja bakti masal yang dipimpin langsung Ismu Hardoyo, Lurah Sumurboto ini, diikuti seluruh warga RW 01, RW 02, RW 03, RW 04, staf kelurahan serta PKL yang berada di sepanjang Jalan Prof Soedarto. Warga sangat antusias mendukung program kelurahan ini, dengan bergotong royong membersihkan ling-

kungannya. Kerja bakti ini juga memenuhi target penilaian Adipura 2009. “Wilayah Kelurahan Sumurboto masuk ke dalam penilaian Adipura 2009. Ada satu titik yang menjadi target penilaian, yakni di sepanjang Jalan Setiabudi,” kata Ismu Hardoyo, saat ditemui Harsem di lokasi kerjabakti. Rencananya penilaian tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Sebab itu, menghadapi penilaian tersebut, pihak kelurahan bersama warga secara rutin melakukan kerjabakti di wilayah masing-masing, yang

3

HARIAN SEMARANG

HARSEM/WARA

Lingkungan wilayah Sumurboto terlihat bersih dan rapi

dikoordinasi RT/RW setempat. Sasaran kerjabakti massal kali ini di depan kantor Kelu-

rahan Sumurboto, sepanjang Jalan Prof Soedarto dan Jalan Setiabudi. (wara)

HARSEM/DAYAT

Sumanto sedang berkoordinasi dengan Sekretaris Lurah

Semarang Tengah, serta perwakilan dari dinas teknis, baik dari kota maupun provinsi. Setelah melalui pengkajian, dinyatakan lokasi di Kokrosono masih termasuk garis sempadan sungai Banjir Kanal Barat. Oleh karena itu, lokasi tersebut dibatalkan dan diputuskan mengambil lokasi di Jalan Abimanyu Raya. Meski sudah diperoleh keputusan, tidak membuat Sumanto tenang. Pasalnya,

kasak-kusuk warga RW 04, yang tetap tidak menginginkan adanya kontainer sampah di wilayah mereka. “Sebenarnya saya berharap tidak ada lagi reaksi setelah kedatangan tim teknis. Tapi ternyata tidak, masih saja ada reaksi. Akhirnya saya tegaskan, barang siapa yang menolak dan mengganggu pelaksanaan keputusan, akan berhadapan dengan pihak kepolisian,” tukas Sumanto, geram.

Memang, menangani masalah sampah bukanlah perkara mudah, meskipun pemkot sudah sejak lama menyosialisasikan pemilahan sampah untuk upaya daur ulang. “Di beberapa tempat sudah bisa berjalan, namun banyak juga yang tidak berhasil. Untuk pemilahan sampah, memang sering disosialisasikan. Namun pelaksanaannya tidak bisa kontinyu,” ujar Sumanto. (dayat)

Moh Itqon Alexander, Penghapal Peta Dunia Termuda

Raih MURI, Masuk “Kick Andy”

Alex tampil ceria bersama ibundanya

J

IKA Anda lupa nama ibukota negara atau tidak tahu bendera suatu negara, bukalah peta atau buku atlas. Namun jika Anda merasa hal itu terlalu lama, bertanyalah pada Mohamad Itqon Alexander, akrab dipanggil Alex. Usianya memang baru lima tahun. Tapi putra reporter Harsem, Mohamad Ichwan dengan Misbahatul Hidayati itu, hapal seluruh bendera dan ibukota negara-negara di dunia. Ia juga mengetahui sekelumit sejarahnya. Ada negera yang kini sudah tiada atau tercerai berai seperti Uni Sovyet dan Yugoslavia, maupun yang bersatu seperti Yaman dan Jerman, mudah bagi Alex untuk menceritakannya. Alex mendapat rekor MURI sebagai Pembaca Peta Dunia Termuda lan-

taran di usia lima tahun hapal bendera dan ibukota negara dengan jumlah terbanyak (194). Hari ini Alex bersama ayah ibunya berangkat ke Jakarta untuk rekaman acara “Kick Andy” di Metro TV. Dia diundang memberi inspirasi anak-anak Indonesia, selaku anak berbakat. Ketika Harsem menemui Alex di rumahnya di Perumahan Plamongan Indah Pedurungan, kemarin, dia senang saja ditanya apa saja. Sambil mondar-mandir dan melonjak-lonjak, dia jawab pertanyaan Harsem seputar negara dengan gaya khas anak-anak. “Ini bendera Madagaskar, Tante. Dulu namanya Republik Malagasi. Ibukotanya Antananarivo. Letaknya di sebelah timur India, di semenanjung Samudera Hindia,” ujarnya, cengengesan, se-

HARSEM/PUJI

raya menunjuk peta dunia yang tertempel di dinding ruang tengah rumahnya. Ketika diminta menyebutkan negara-negara Skandinavia maupun anggota ASEAN, kakak dari Mohamad Dzulfikar Cheng Hoo (9 bulan) ini dengan santai bisa menjawabnya dengan benar. Murid SD Plamongansari I yang sebelumnya di TK Khodijah Plamongan Indah ini juga hapal lambang 33 provinsi di Indonesia dan ibukotanya, logo parpol dan nomor urutnya. Bahkan tanda nomor kendaraan juga tahu, dari A (Banten) sampai Z (Tasikmalaya). Ketika ditanya tentang pribadinya, Alex langsung nyerocos, “Aku hobi berpikir. Cita-citaku jadi masinis,” celotehnya, sambil menggambar kereta api di buku tulis dengan pensil. (puji)

HARIAN SEMARANG

POLISI Kepolisian

110

Polwiltabes Semarang

844 4444

Polresta Semarang Timur

671 0205

Posek Semarang Utara

354 5162

Polsek Sidodadi

671 6191

Polsek Semarang Tengah

354 5175

Polsek Genuk

658 1470

Posek Pedurungan

672 5088

KPPP

354 5193

Polresta Semarang Barat

761 0698

Polsek Tugu

760 4166

Polsek Kalibanteng

760 4153

Polsek Ngaliyan

761 7969

Polsek Mijen

(0294) 571 566

Polresta Semarang Selatan

831 5123

Polsek Gunung Pati

693 2110

Polsek Banyumanik

7461314

Polsek Sultan Agung

764 6983

Polsek Gajah Mungkur

600 6758

Polres Semarang

962 1110

Polres Salatiga

(0298) 326 115

Polres Kendal

(0294) 381 512

Polres Demak

(0291) 686 171

Satlantas

354 5157

Tersangka pencurian Catur Gunadi saat diamankan petugas

RSUP Dr Kariadi

841 3764

RS St. Elisabeth

831 0076

RS Telogorejo

844 6000

RS Islam Roemani

844 4623

RSUD Kota Semarang

671 1500

RS Panti Wilasa Citarum

354 2224

RS Banyumanik

749 8218

RS Islam Sultan Agung

658 0019

RSU Tugurejo

760 5297

RS Permata Arjuna

658 0737

RS Bhakti Wiratamtama

355 5944

RSU Pelita Anugerah

672 5555

RS Tugurejo

7609022

RSU Ungaran

692 1006

RSU Ambarawa

(0298) 591 020

PMI Daerah Jateng

358 1424

Unit Transfusi Darah Daerah

358 4957

PMI Cabang Kota Semarang

354 1237

Unit Transfusi Darah Cabang

354 2752

(UTDC)

3515050

PMI Cabang Kab. Semarang

692 1651

PMI Cabang Kab. Kendal

(0294) 381 139

UTDC

(0294) 381 433

Belasan Motor Disita Sebanyak 17 kendaraan bermotor roda dua, dua di antaranya sepeda motor yang rencananya akan dipergunakan untuk mengikuti kompetisi Drag Race di Sirkuit Tawangmas berhasil diamankan oleh aparat Polsek Pedurungan. perasi yang dilakukan secara rutin ini, dilakukan mulai pukul 01.00 hingga pukul 04.00, dimaksudkan untuk menciptakan kenyamanan dan ketertiban di Kota Semarang. “Operasi ini dimaksudkan untuk menciptakan kenyamanan dan ketertiban di Kota Semarang, terutama di sepanjang Jalan Arteri Sukarno-Hatta yang kerap digunakan oleh kawula muda untuk beradu nyali dengan melakukan balapan liar,” terang Kapolsek Pedurungan, AKP Wahyuni Sri Lestari, kemarin. Dikatakan, kondisi Jalan Alteri Sukarno-Hatta yang lurus dan sepi saat malam hari, menjadi salah satu tempat favorit para pemuda untuk mengadu “kuda besi”, dan bahkan tidak jarang saat melakukan adu balap para pemuda saling taruhan. “Kita akan tetap selalu melakukan operasi selama masih ada balapan liar,” tegas kapolsek. Lebih lanjut dikatakan, seluruh sepeda motor yang berhasil diamankan akan diproses sesuai dengan undang-undang yang berlaku. “Setelah melalui proses sidang kendaraan baru bisa diambil,” tegasnya. “Kami berharap masyrakat turut andil untuk penertiban para pembalap liar yang cukup meresahkan dengan melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan ada warga yang melakukan balap liar,” harap kapolsek. (andik)

RABU 4 November 2009

OB Mencuri di Kantor Sendiri

HARSEM/ANDIK

RUMAH SAKIT

O

& KRIMINAL

C

ATUR Gunadi (29), warga Wonodri Sendang I RT 09/RW 05 Wonodri, Semarang Selatan, yang sehari-hari bekerja sebagai office boy (OB), kemarin diamankan aparat Polsek Pedurungan. Ia diamankan karena diduga melakukan pencurian sebuah laptop dan sejumlah uang di tempat kerjannya PT Asuransi Eka Lloyd Jaya, Jalan Majapahit 316 M1 Semarang. Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan sebuah laptop merk Accer warna hitam, uang tunai Rp 3.441.000,

satu lembar STNK sebuah mobil Nopol B 7928 AE, satu buku rekening, sebuah sepeda motor Supra X warna biru dan sebuah obeng yang digunakan tersangka untuk menjalankan aksinya. Kapolsek Pedurungan, AKP Wahyuni Sri Lestari mengatakan, pengungkapan kasus pencurian tersebut setelah adanya laporan dari perwakilan perusahaan Ang Mei Tjoe (38) yang melaporakan bahwa telah terjadi pencurian di kantornya. Tim dari Polsek Pedurungan yang dipimpin langsung kapolsek, langsung melakukan

olah TKP untuk melakukan peyelidikan dan berhasil mengungkap kasus tersebut. Pelaku pun langsung diamankan saat itu juga. Kapolsek mengatakan, dalam menjalankan aksinya tersangka datang ke kantor pada malam hari dan membuka rolling door kantor. Setelah itu, pelaku masuk dengan membuka pintu kaca dan langsung naik ke lantai dua. Untuk mengelabuhi petugas, tersangka merusak pintu belakang kantor dengan mencongkelnya. Ini dilakukan supaya terkesan, seakan-akan pencuri masuk melalui pintu belakang. Hal yang sama juga dilakukan pada pintu di lantai dua. “Di lantai dua untuk mengelabuhi penyidikan, tersangka mencongkel pintu dengan menggunakan obeng hingga rusak,” tambahnya. Setelah itu, dengan menggunakan clip atau penjepit kertas, ia membuka laci meja dan berhasil mengambil sejumlah uang dan laptop milik Ida Ayu Wibowo, teman kerja tersangka. Kepada petugas, tersangka mengaku melakukan pencurian karena terdesak kebutuhan untuk membayar hutang. ”Saya punya utang di bank yang setiap bulan harus dibayar sekitar Rp 600 ribu,” ujarnya. Tersangka yang sudah bekerja 8 tahun di perusahaan tersebut, sangat mudah melakukan aksinya, karena seluruh kunci pintu perusahaan dia yang memegang. “Setiap ruangan dan pintu masuk saya yang memegang kuncinya,” terangnya. Tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian. “Kasusnya hingga kini masih dalam penyidikan lebih lanjut,” jelas Kapolsek. (andik)

Kasus Bansos Segera Dilimpahkan

K

EJAKSAAN Negeri (Kejari) Semarang segera menyelesaikan penyusunan rencana dakwaan (rendak) kasus dugaan penyimpangan dana bantuan sosial (bansos) Pemprov Jateng 2008. Pekan ini, rencananya kasus bansos yang ditangani penyidik kejari akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Ada dua kasus bansos yang sedang disusun rendaknya, yaitu dugaan penyimpangan dana bansos untuk bantuan rehab Masjid At-Taqwa di Kelurahan Podorejo, Ngaliyan. Dalam kasus ini penyidik sudah menetapkan HS sebagai tersangka. Selaku bendahara panitia pekerjaan rehab masjid tersebut diduga telah memotong dana bansos sebesar Rp 95 juta dari total bantuan Rp 100 juta. Sedangkan Rp

5 juta diserahkan ke panitia. Satu kasus lagi yaitu dugaan penyimpangan proyek pengaspalan di Jalan Dr Ismail RE 03/RW 04 Kelurahan Bongsari Semarang Barat. Tersangka kasus bansos ini adalah ES yang merupakan panitia pekerjaan pengaspalan. Proyek yang diduga diselewengkan ES adalah Bantuan Fasilitas dan Stimulan Perbaikan Kualitas Perumahan dan Lingkungan Rumah Tangga Miskin Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Dana bersumber dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bappermas) Jateng, tahun 2008. Nilai bantuan pengaspalan tersebut sebesar Rp 60 juta, dan seluruhnya masuk ke kantong ES. Sejumlah saksi dan para tersangka kasus bansos ini juga telah dimintai keterangan oleh penyidik. Menurut Plh Kasi Pidsus Kejari Semarang, Erry

PM, penyusunan rendak terus dikebut. “Pekan ini juga akan kami limpahkan ke PN Semarang,” ujarnya, kemarin. Dikatakan Erry, kedua tersangka didakwa dengan UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). ES maupun HS akan dijerat dengan dakwaan primer pasal 2 dan subsider pasal 3 UU No 31/1999 yang telah diubah dan ditambah dengan UU No 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Khusus pasal 2, ancaman hukuman penjara paling singkat empat tahun, dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta, dan paling banyak Rp 1 miliar. Sedang untuk pasal 3, penjara paling sedikit satu tahun, dan paling lama 20 tahun dan atau denda paling sedikit Rp 50 juta dan paling banyak Rp 1 miliar. (tri)

Peristiwa Kebakaran Menurun

K

EPALA Dinas Kebakaran Kota Semarang, Prasetijo, kemarin mengatakan, jumlah peristiwa kebakaran di Kota Semarang hingga akhir Oktober mencapai 166 kejadian. Dibanding periode yang sama tahun lalu, berarti ada penurunan kejadian, yang saat itu mencapi 183 kejadian. Penurunan kejadian tersebut diperkirakan karena meningkatnya kesadaran warga. “Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada semua warga yang turut berpartisipasi dengan meningkatkan kepedulian menghindari terjadinya kebakaran,’’terangnya. Peristiwa kebakaran di Kota

Semarang kebanyakan terjadi di Kecamatan Semarang Tengah, Semarang Barat, Semarang Utara, dan Tugu. “Daerah permukiman padat penduduk lebih berisiko terkena kebakaran dibandingkan kawasan industri,” kata Prasetijo. Kawasan padat penduduk di Semarang, seperti di Kecamatan Semarang Tengah, berpotensi tinggi terjadinya kebakaran. Sementara itu, rumput ilalang dan kawasan padat industri dinilai relatif aman. Diungkapkannya, kasus kebakaran itu antara lain terjadi di Kelurahan Pekunden dan Pandean Lamper, Semarang Tengah, yang menghanguskan

CITRA 3 : 12:00 13:50 15:40 17:30 19:20 21:10 PLAZA 1 : 12.30 14.20 16.10

CITRA 2 : 12:00 13:50 15:40 17:30 19:20 21:10

empat rumah. Juga di Randusari (Semarang Selatan) melalap sembilan kios PKL, di Barito (Semarang Timur) sembilan kios dan satu rumah, serta di Muktiharjo (Genuk) berupa gudang tiner. “Selama Lebaran, ada dua kasus kebakaran di daerah Mijen dan Puspowarno,” imbuhnya. Untuk kebakaran rumput ilalang menurut Prasetijo sampai saat ini masih bisa diatasi. Berdasarkan pantauan dinasnya, rumput ilalang di daerah Kalilangse, Tembalang, dan Gunungpati juga perlu diantisipasi secara khusus. Dia memperkirakan, musim kemarau masih berlangsung

CITRA 4 : 12:00 13:50 15:40 17:30 19:20 21:10 PLAZA 3 : 12:30 14:20 16:10 18:00 19:50 21:40

HARSEM/ANDIK

4

HUKUM

Prasetijo Kepala Damkar

sampai akhir tahun ini. Potensi kebakaran pun bisa terjadi setiap saat. “Untuk itu partisipasi aktif dari masyarakat untuk meminimalisir munculnya kebakaran, sangat dibutuhkan,” tandasnya.(andik)

“Bom Meledak” di Simpang Lima “19 Tewas” SEMARANG kemarin pagi diguncang sebuah “bom” yang meledak di kawasan Simpang Lima. Sedikitnya 19 orang tewas yang terdiri dari warga pribumi dan warga negara asing (WNA). Akibat ledakan tersebut, seluruh korban langsung dilarikan ke RS Bhayangkara untuk dilakukan otopsi.

S

ebelum melakukan otopsi, tim DVI (Disaster Victim Identification) melakukan pengarahan untuk menangani korban yang sebentar lagi masuk ke RS. Beberapa saat kemudian, korban ledakan datang yang dibawa sebuah ambulance. Dari sinilah tahapantahapan DVI dilakukan. Sebelum mayat dimasukkan ke ruang otopsi, mayat terlebih dahulu didata untuk mengetahui jenis kelamin dan kewargaanegaraannya, WNA atau WNI. Setelah itu, mayat dimasukkan ke ruang otopsi setelah dilakukan penamaan (labeling). Karena mayatnya banyak, setiap mayat diberi label dan ditaruh di meja masing-masing. Karena ruangan otopsi terbatas, maka tim DVI membuat jadual melakukan otopsi (post mortem). Saat proses identifikasi berlangsung, tim DVI yang lain melakukan tahapan selanjutnya yakni ante mortem (pengumpulan data semasa hidup). Ante mortem ini bisa ditempuh dengan meminta data dari kerabat keluarganya yang datang ke rumah sakit. Data-data itu bisa dari ijasah (sidik jarinya), surat nikah, rekam medik gigi, foto dan lain sebagainya. Namun kebanyakan, para keluarga datang ke rumah sakit dalam kondisi panik, histeris sehingga banyak yang tidak membawa data. Dinilai terlalu berbelit-belit, keluarga pun marah karena ingin sekali melihat korban yang tewas tersebut. Namun oleh tim DVI, mereka ditenangkan untuk mengikuti prosedur yang ada sehingga proses identifikasi berlangsung lancar. Dari ante mortem tersebut, tim DVI melakukan tahapan selanjutnya yakni rekonsiliasi untuk mencocokkan ante mortem dan temuan saat post mortem. Setelah mendapatkan kecocokkan antara ante mortem dan post mortem, kemudian tim melakukan de briffing untuk melakukan evaluasi sebelum adanya pemberitahuan kepada pihak keluarga. Kalau ante mortem dan post mortem ada kecocokkan, berarti mayat tersebut telah teridentifikasi, dan mayat bisa langsung dibawa oleh pihak keluarganya. Tapi untuk yang belum teridentifikasi, maka siapa pun tidak boleh melihatnya kecuali petugas DVI. Itu semua terlihat dalam simulasi penanganan korban bencana dengan jumlah korban massal yang diikuti oleh seluruh kabid dokkes se-Indonesia yang mengikuti pelatihan DVI (Disaster Victim Identification) Jakarta Centre For Law Enforcement Cooperation (JCLEC) Mabes Polri yang berlangung mulai tanggal 26 Oktober hingga 6 November 2009. AKBP Anton RC, salah seorang instruktur pelatihan DVI didampingi instruktur yang lain Kompol Summy Hastry Purwanti, yang juga dokter spesialis forensik Polda Jateng menyatakan pelatihan tersebut diikuti sedikitnya 20 orang kabid dokkes seluruh Indonesia untuk kepentingan manajemen DVI. Karena di Indonesia seringkali terjadi bencana, sehingga dengan pelatihan ini, diharapkan kabid dokkes sudah siap memimpin operasional DVI di lapangan. “Pelatihan DVI tersebut sebagai salah satu bentuk pelatihan dalam menangani kasus-kasus besar yang menimbulkan korban massal,” ujar AKBP Anton RC kepada wartawan. (andik)

CITRA 1 : 12:15 14:25 16:35 18:45 20:55

PLAZA 2 :

PLAZA 1 : 18:00 19:50 21:40

13.00 15.10 17.20 19.30 21.40

D ESAKUNDI Demak, Salatiga, Kendal, Ungaran dan Purwodadi

RABU 4 November 2009

HARIAN SEMARANG

5

Tes CPNS Mandiri Disorot

PHK Sepihak, Ratusan Buruh Demo KENDAL-Ratusan buruh PT Tensindo Kaliwungu, Kabupaten Kendal melakukan aksi unjukrasa ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi akibat di PHK sepihak dan tanpa pesangon. Koordinator aksi, yang juga Ketua Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan, Abudul Mufid baru-baru ini mengatakan, karyawan Tensindo yang diputus hubungan kerja oleh direksi sebanyak 350 orang. Mereka di PHK sepihak tanpa diberikan pesangon mulai 27 Oktober lalu. “Kami mendatangi Dinsoskertrans untuk meminta bantuan agar hak-hak kami selaku pekerja dipenuhi, yakni diberi pesangon,” katanya. Mereka mendatangi kantor Dinsoskertrans Kendal sekitar pukul 10.00. Rombongan datang dengan mengendarai sepeda motor dari pabrik di Kecamatan Kaliwungu, Kendal yang berjarak sekitar 4 km. Menurut dia, sesuai dengan Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan bahwa perusahaan wajib memberikan pesangon kepada karyawannya apabila melakukan PHK. “Dari pihak perusahaan tidak menunaikan kewajiban itu, mereka melanggar UU tersebut. Kami akan terus menuntut untuk diberikan pesangon,” katanya. Sebelum di PHK, lanjut dia, para karyawan itu telah dirumahkan selama setahun. Selama dirumahkan, mereka digaji perusahaan sebesar 50% dari gaji yang biasanya mereka terima. Karyawan yang telah di PHK itu rata-rata sudah bekerja selama delapan tahun lebih, bahkan ada yang sudah bekerja selama 25 tahun. “Padahal sesuai dengan peraturan, ketika karyawan di-PHK, gaji yang diberikan adalah 75% gaji,” katanya. Menurut dia, alasan direksi perusahaan melakukan PHK kepada karyawannya akibat krisis global, sehingga perusahaan tidak mampu lagi untuk beroperasi. Perusahaan itu sudah tidak beroperasi selama setahun. Ketika masih produksi, perusahaan ini punya 1.000 karyawan. Adapun sejak terjadi krisis gobal, karyawannya berkurang menjadi 350 orang. “Kami terima alasan terjadinya krisis ekonomi itu, tapi harus sesuai dengan aturan normatif, kami tetap harus diberi pesangon,” tandasnya. (ant)

7 Kecamatan Lakukan Program Pamsimas DEMAK-Sembilan desa di tujuh kecamatan se-Kabupaten Demak telah tersentuh program nasional penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas). Desa-desa tersebut meliputi Karangasem Sayung, Banyumeneng Mranggen, Pundenarum dan Tlogorejo Karangawen, Wonorejo Guntur, Doreng Wonosalam, Selowere Kebonagung, Mutihkulon dan Jetak Wedung. Humas Dinas Kesehatan Demak Gufrin Heru Putranto kemarin menjelaskan, program tersebut menjadi tanggungjawab lima departemen. Yakni Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan, Departemen Dalam Negeri dan Bappenas. “Di tingkat daerah, tanggungjawabnya melekat pada dinas instansi yang bernaung di bawah masing-masing departemen tersebut,” katanya. Untuk mensukseskan program Pamsimas, menurut Gufrin, pihaknya sebagai kepanjangan tangan Departemen Kesehatan, telah melaksanakan community lead total sanitation (CLTS). Yakni sebuah program yang lebih mengedepankan pendekatan kepada masyarakat agar mereka sadar serta mampu meninggalkan kebisaaan buruk seperti mandi, cuci dan buang air di sungai. “Kami terjunkan petugas di desa-desa Pamsimas. Petugas memberikan penyuluhan intensif kepada warga agar mereka mau meninggalkan kebisaaan buruk dengan mandi di sungai,” ungkapnya. Gufrin menambahkan, yang cukup berhasil salah satunya di Desa Wonorejo, Kecamatan Guntur. Di desa tersebut, setahun lalu, warganya hampir semua belum memiliki jamban. Namun kini kondisi itu telah berubah. Dari 1.346 KK, warga yang belum memiliki jamban hanya tinggal 54 KK. (poltak)

Dewan Nilai Rawan Penyimpangan KENDAL-Tes perekrutan calon pegawai negeri sipil tahun 2009 di Kabupaten Kendal yang dilakukan dengan menggunakan sistem pola mandiri tanpa bergabung dengan provinsi, dinilai beberapa anggota DPRD rawan terjadi penyimpangan.

K

ETUA Komisi A DPRD Kendal, Sakdullah kemarin mengatakan, sesuai dengan PP No 11 tahun 2002 tentang pengadaan PNS bahwa perekrutan itu harus berprinsip transparan, kompetitif, bebas KKN, tidak diskriminatif, dan tidak dipungut biaya apapun. “Kami sangat khawatir akan terjadi penyimpangan dalam pelaksanaanya nanti, dan prinsip-prinsip yang ditentukan tidak dilaksanakan, karena tes model seperti ini rawan terjadi politik uang,” tegasnya. Ia mengatakan, dirinya meminta kepada panitia untuk wajib menjabarkan dan menegakkan makna transparan itu dalam sebuah peraturan.

Ia meminta lembar jawaban yang disediakan harus dua lembar, dan setalah dikerjakan lembar pertama dikumpulkan, dan lembar kedua dibawa pulang peserta. “Saya mengimbau kepada panitia agar saat pengumuman nanti, ditunjukkan nama peserta, nilai tes yang diperoleh serta mengeluarkan lembar jawaban yang benar, dengan demikian ranking akan kelihatan dan peserta yang belum beruntung pasti akan menerima dengan lapang dada,” ujarnya. Tanpa menjabarkan makna transparan itu, kata dia, maka akan sulit untuk lahir suasana kompetitif. Tidak mungkin akuntabilitasnya bisa terjamin, sangat terbuka lebar terjadinya KKN, dan

adanya pungutan-pungutan yang tidak diinginkan. “Pemkab Kendal sudah bertekat menggunakan sistem ini, mau tidak mau juga harus melakukan pengawasan ketat terhadap adanya penyimpangan-penyimpangan yang tidak diinginkan,” katanya. Menurut dia, berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya menerima pengaduan masyarakat yang tidak diperlakukan tidak adil dari sistem rekrutmen CPNS yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kendal itu. Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Widya Kandi Susanti mengatakan, tes rekrutmen CPNS itu rawan dimanfaatkan oleh eksekutif untuk melakukan penyelewengan dan politik uang, karena menjadi PNS sampai saat ini masih menjadi pekerjaan yang sangat diminati oleh sebagian masyarakat. “Model tes CPNS mandiri juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan Pilkada 2010 nanti, yaitu untuk menarik simpati

Kapabilitas Dirut BPR-BKK Dipertanyakan UNGARAN-DPRD Kabupaten Semarang mempertanyakan kapabilitas Direktur Utama Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Kredit Kecamatan Ungaran, terkait dengan penyitaan aset bank itu. “Dengan terjadinya penyitaan aset tersebut, kapabilitas dirut yang baru, Zahrul Faisal patut dipertanyakan,” kata Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bambang Kusriyanto, kemarin. Aset berupa tiga mobil operasional milik BPR-BKK Ungaran disita Kantor Pelayanan Pajak Pratama Salatiga, karena BPR-BKK itu dinilai tak membayar pajak dana penyediaan aktiva produktif atau penyediaan dana risiko kredit sebesar Rp 177 juta. Ia mengemukakan, kantor pelayanan pajak pasti sudah memiliki dasar hukum terkait penyitaan tersebut. “Tidak mungkin penyitaan terjadi akibat kesalahpahaman antara kantor pelayanan pajak dengan BPR-BKK sebagaimana yang dikatakan

eksekutif,” katanya. Sejak awal, katanya, dewan sudah curiga atas pelantikan dirut baru tersebut karena terkesan disembunyikan atau tanpa publikasi. “Kami juga mempertanyakan uji kepatutan dan kelayakan ketika seleksi calon dirut. Obyektif apa tidak,” katanya. Posisi dirut itu, ujarnya, harus dievaluasi dan Plt Bupati Semarang harus segera bertindak terkait dengan kasus itu. Anggota DPRD dari Fraksi PAN, Said Riswanto menambahkan, kapabilitas pejabat komisaris di BPRBKK juga perlu dipertanyakan terkait dengan kasus itu. Komisaris, katanya, seharusnya punya sumbangan pemikiran agar tidak terjadi penyitaan aset itu. Mereka pasti juga menerima laporan kerja bank itu. “Kalau komisaris benarbenar berfungsi dengan memberi sumbangan ide dan mengevaluasi laporan, pasti tidak akan terjadi kasus penyitaan seperti ini,” katanya. Ia menyatakan, adanya salah satu pejabat komisaris

BPR-BKK Ungaran yang tidak sesuai dengan kompetensinya. “Jabatan komisaris bukan hanya pelengkap. Pengangkatannya jangan sampai berdasarkan suka atau tidak suka,” katanya. Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Semarang Warnadi mengatakan, terjadi perbedaan persepsi antara BPR-BKK dengan kantor pajak mengenai dana penyediaan aktiva produktif yang menyebabkan penyitaan aset BPR-BKK. BPR-BKK, ujar dia, merasa sudah menghitung beban pajak yang harus dibayar. Menurutnya, hasil penghitungan beban pajak tersebut juga sudah diperiksa oleh akuntan publik dan Bank Indonesia, serta dilaporkan dalam rapat umum pemegang saham. Ia mengatakan, total pajak laba dan pajak lain sebesar Rp 1,9 miliar sudah dibayar. “Tapi menurut kantor pajak masih ada kekurangan pajak Rp 177 juta yang belum dibayar yakni pajak dana PAP,” ujarnya. (ant)

ANT

Seorang peserta CPNS tes di GOR Jatidiri, Minggu (1/11)

eksekutif yang berniat untuk mencalonkan,” katanya. Menurut dia, pilihan Pemkab Kendal untuk memilih tes CPNS dengan sistem mandiri dinilai kurang koordinasi dengan pihak legislatif. Padahal sesuai dengan rapat koordinasi dengan legislatif awal 2009 lalu, pemkab akan bekerja sama dengan provinsi. “Tapi sampai pertengahan

jalan, nyatanya Pemkab Kendal justru menggunakan sistem tes CPNS mandiri,” katanya. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kendal, Agus Susanto mengatakan, pada tahun 2009 Pemkab Kendal membuka formasi CPNS sebanyak 373 orang, terdiri dari 148 tenaga guru, 93 tenaga kesehatan, dan 132 tenaga teknis. (ant)

Pedagang Tolak Tempati Kios Baru UNGARAN-Pemerintah Kabupaten Semarang akan memfasilitasi penyelesaian masalah pedagang yang memprotes relokasi mereka di Pasar Pringapus. Pelaksana harian Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Semarang, Winarno kemarin mengatakan, pihaknya akan mempertemukan berbagai pihak terkait dengan relokasi dan pembangunan pasar itu di Kantor Kecamatan Pringapus. Pertemuan itu, katanya, untuk mengakomodasi tuntutan puluhan pedagang yang enggan menempati los dan kios yang baru. Mereka telah memprotes hasil pembangunan kembali pasar itu yang ternyata ukuran los dan kios yang baru lebih kecil ketimbang ukuran sebelumnya. Mereka juga protes terkait dengan pembagian los dan kios yang dinilai tidak adil. “Pembangunan pasar Pringapus sudah dilakukan berdasarkan perhitungan teknis,” katanya. Pemkab juga sudah menyosialisasikan kepada pedagang terkait dengan proses

pembangunan kembali pasar itu yang sesuai dengan keinginan mereka. Proses pembangunan pasar Pringapus menjadi bangunan dua lantai dilaksanakan pada 2008. Ukuran kios yang berubah menjadi lebih sempit dari sebelumnya, tuturnya, karena ada tambahan beberapa tangga untuk menghubungkan lantai satu dengan lantai dua. “Ketika awal pembangunan, ukuran bangunan juga berbeda dari sebelumnya,” katanya. Data awal tentang luas bangunan yang mencapai 1.300 meter persegi, katanya, setelah pengukuran ulang oleh konsultan, ternyata hanya 1.150 meter persegi. Pengubahan ukuran los dan kios, karena pelebaran jalan di dalam pasar yang sebelumnya satu meter menjadi 1,5 meter sesuai dengan aturan. Pihaknya juga akan membina para pedagang terkait dengan penempatan berbagai barang dagangan supaya dapat ditata secara baik sesuai dengan kondisi los dan kios. (ant)

Acara

TV

Rabu, 4 November 2009

06:00 06:30 07:00 08:00 08:30 09:00 10:00 11:30 12:00 13:30 14:00 14:30 15:30 16:00 16:30 17:00 17:30 19:00 20:00 21:30 23:00 00:00 00:30 01:00

Curious George Conch Bay Pororo Star Kids Ya Iyalaah! DRTV Espresso (Live) Cagur Naik Bajaj Topik Siang Klik! Transformers Galaxy Force Speed Racer The Next Generation Super Inggo Panji Sang Penakluk 2 Buka Kartu Topik Petang Salah Alamat Mantap Segerrr…. 4 M (Makin Malam Makin Mantap) Tawa Sutra Bisaa Ajaa Kena Deh Topik Malam Lensa Olahraga (Live) Luar Biasa

06:30 Infotainment : “Was Was” 07:30 Musik Spesial : “SL Inbox” 09:30 SL Liputan 6 Terkini 09:33 Infotainment : “Halo Selebriti” 10:00 Sinema Pagi 11:00 SL Liputan 6 Terkini 11:03 Sinema Pagi 12:00 SL Liputan 6 Siang 12:30 Sinema Siang 14:00 SL Liputan 6 Terkini 14:03 Sinema Siang 14:30 Infotainment : “Status Selebriti” 15:00 Reality and Variety Show : “SL Playlist” 16:00 SL Liputan 6 Terkini 16:03 Gala Sinetron : “Kepompong” 17:00 SL Liputan 6 Petang

17:30 Cari Ibu Tiri, Cari Ayah Tiri 18:30 Reality and Variety Show : “Uya Emang Kuya” 19:00 Bayu Cinta Luna 20:00 SL Liputan 6 Terkini 20:03 Gala Sinetron : “Cinta Fitri Season Ramadan” 21:30 Gala Sinetron : “Telanjur Cinta” 22:30 SL Liputan 6 Terkini 23:00 Barometer

06:30 07:30 09:00 11:00 12:00 12:30 13:00 15:00 15:30 16:00 17:00 17:30 18:00 19:00 20:30 22:00 23:00

Go Spot Siapa Lebih Berani Dahsyat Silet Seputar Indonesia Siang Sergap Sinema Siang Cek & Ricek Mata-mata Minta Tolong Seputar Indonesia Rumah Hadiah Doa Dan Karunia Safa Dan Marwah Cinta Dan Anugerah Drama Reality: Tak Ada Yang Abadi Bom: Memoirs Of A Geisha

06:30 Live CA Apa Kabar Indonesia Pagi 08:30 Telusur 09:00 Live News Kabar 9 09:30 Live News Kabar Pasar Pagi 10:00 Documentary One 10:30 Pariwara PUBER 11:00 Opini 12:00 Live News Kabar Siang 13:00 Live News Kabar 13:30 Expose 14:00 Kamus Kuliner 14:30 Jejak Islam 15:00 Live News Kabar 15

15:30 Live News Kabar Pasar Sore 16:00 Mata Kamera 16:30 Backpacker 17:00 Telusur 17:30 Live News Kabar Petang 19:30 Di Balik Langit Berita 21:00 Live CA Apa Kabar Indonesia Malam 22:30 Hot Import Night 23:00 Dibalik Tragedi 23:30 Live News Kabar Arena

06:00 06:30 07:30 09:00 09:30 10:30 11:00 12:00 12:30 14:30 15:30 16:00 16:30 17:00 17:30 18:00 19:00 19:30 20:30 21:30 23:30 01:30

06:00 06:30 07:30 08:00 09:00 10:00

Khazanah Insert Pagi Derings Sketsa D’ Show Jelang Siang Insert Reportase Siang Bioskop Indonesia Siang Missing Lyrics Tangan Di Atas Insert Sore Orang ke-3 The Series Reportase Sore Kejar Tayang Suami-Suami Takut Istri Angel’s Diary Maju Terus Pantang Mundur Realigi Bioskop Trans TV: Blade 2: Blood Hunt sinopsis Bioskop Trans TV: I Still Know What You Did Last Summer Reportase Malam

Sport 7 REDAKSI PAGI I Gosip Pagi Selamat Pagi Dorce Dengarlah Aku

10:30 11:30 12:00 12:30 13:00 13:30 14:00 14:30 15:00 15:30 16:00 16:30 17:00 17:30 18:00 18:30 20:00 21:00 22:00 23:30 00:30 01:00

60 Minutes REDAKSI SIANG I Gosip Siang Bocah Petualang Laptop Si Unyil Jalan Sesama Cita - Citaku Dunia Binatang Koki Cilik Asal Usul Fauna Jejak Petualang Redaksi Sore I Gosip News Tamu Tak Terduga Plester On The Spot Opera Van Java OKB Bukan Empat Mata Begadang Sport 7 Malam REDAKSI MALAM

06:00 Headline News 06:05 Editorial Media Indonesia 07:00 Headline News 07:05 Indonesia This Morning 08:05 Healthy Life 09:00 Headline News 09:05 Election Update Pagi 09:30 Market Review 10:00 Headline News 10:05 Green Lifestyle 10:30 The Interview 11:05 Archipelago 11:30 Megapolitan 12:00 Headline News 12:05 Metro Siang 13:00 Headline News 13:05 Sports Club 13:30 Today’s Dialogue 14:30 Metro Sore 15:05 Bisnis Hari Ini 15:30 Public Corner 16:00 Headline News 16:05 Secret Operation 16:30 Metro 10 17:00 Headline News 17:05 Discover Indonesia 17:30 Headline News 19:00 Headline News 19:05 Suara Anda

20:00 20:05 20:30 21:00 21:05 21:30 22:00 22:05 23:00 23:05 23:30

Headline News Suara Anda Reffy Headline News Top Nine News Otoblitz Headline News Save Our Nation Headline News Metro Realitas Metro Sports

06:00 06:30 07:00 07:30 09:00 10:30 11:00 11:30 12:00 13:30 14:30 15:00 15:30 16:30 17:00 18:00

Sidik Pagi Sekolah Rumah Ypbb Kartun Ku : Tom & Jerry Cerita Pagi Layar Pagi Nekad’z Sidik Lintas Siang Layar Kemilau 1001 Cerita - 1 Go Show - 2 Upin & Ipin Dkk Kera Sakti Lintas - 5 Ninja Warrior Sint.asyik: Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Sinema Spesial - 1 Sinema Asyik Sinema Layar Lebar Lintas Malam

19:00 20:30 22:30 00:30

06:00 07:00 08:30 09:30 11:30 12:00 12:30 14:30 15:30

Fokus Pagi KISS Vaganza Impian Sang Putri FTV Drama Patroli Fokus Siang Happy Song KISS Sore Drama Asia: Boys Before Flower 17:00 Drama Keluarga: Kasih dan Amara 18:00 Tangisan Isabela 19:00 Drama Keluarga:

Muallaf 20:00 Inayah 21:30 Mega Bollywood 23:00 Sinema Pilihan

06:00 Spongebob Squarepants 08:00 Chalkzone 09:00 Obsesi 10:00 Bukan Sinetron 11:00 Bukan Pemimpi 12:00 Abdel & Temon Bukan Superstar 13:00 Global Siang 13:30 DRTV 14:00 Bindi The Jungle Girl 14:30 Petualangan Panji 15:00 MTV Ampuh 16:00 Obsesi 16:30 Berita Global 17:00 Spongebob Squarepants 18:00 Naruto - All Seasons 19:00 Awas ada Sule 19:00 Bolu : Bocah Lucu 20:00 Big Movies “Direct Action” 22:00 Big Movies “Rob Roy”

06:30 07:00 08:00 08:30 09:00 10:30 11:00 12:30 14:00 15:00 16:00 17:00 17:30 18:00 18:30 20:01 22:00

Pigura Siaran Pendidikan Sapaan Rohani Suku-suku Pesona Budaya Nusantara Daerah Membangun Sulteng Dialog Pertanahan Dialog Adminduk Siaran Pendidikan Suara Perempuan Buka Mata Panggung Gaul Film Sinetron ‘Gandrung’ Budi Dan Kerti English News Service Jendela Dunia Mancanegara Dialog Bpkp Indonesia Bermusik

Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan

Acara 06.15 06.30 07.00 08.00 08.30

17.35 18.00 18.05 18.30 19.05 19.30 20.00 20.30 20.35 21.35 22.00 22.05 23.05 23.30

Lagu Doa Bangsa Lintas Manca Negara Seputar Jawa Tengah VIKA Ngobrol Bareng Mbah Mangun Klip n’ Chat Seputar Jawa Tengah Rolasan Langen Budaya Rileks Sekilas Berita VIKA Nyumbang Salam Klip HHK Pengobatan Alternatif Bersama Ibu NUr Halimah Live Interaktif Sekilas Berita Fanatik Otomotif Seputar Jawa Tengah Dina Kluyuran Pawartos Jawa Tengah Lintas Mancanegara Sekilas Berita Bangun Praja Serial ramayana Sekilas Berita Dialog Bio Brajamusti Gending Jawa Lagu Doa Bangsa

14.58 15.00 16.00 17.00 17:30 18.59 20.00 21.00 21.30

Pitutur Budaya ATFG 8 Jawa Tengah Dalam Berita Arum Dalu Tinjuan Acara Esok Nasional Dunia Dalam Berita Nasional

09.30 11.30 12.00 13.00 14.00 15.00 15.05 15.35 16.35 17.05

06.30 12.00 12.30 13.00 13.05 14.05 14.30 15;00 15.05

Ketoprak Humor Indonesia Siang In Seleb Siang Indonesia TErkini Refleksiana Urban Gapura Indonesia Terkini Selebriti Masak

Lokal 15.30 16.00 17.00 17.30 18.00 18.30 19.00 20.00 21.00 21.30 22.00 22.30 23.00

Ngerjain Indonesia petang SElebriti Nginep Tapak Jateng Hari ini In Seleb Malam HITS Dialog Indonesia Indonesia Malam Gapura Trecking Ekstrim kuliner Klip By Request

06.30 07.00 08.00 09.00 10.00 11.00 11.30 12.30 13.30 14.30 16.00 16.30 16.35 17.30 18.00 19.00 19.30 20.00 21.00 21.30 22.00 23.00 24.00

Inspirasi Pagi TVB Pagi Live SMS Informasi Blanjane Bu RT Live Musik Indonesia Tauladan Nabi Makelaran Banting Harga Campursarinan Thethek Mbeget Live 3 D Chatting Momongan TVB Break Live Momongan In A Good Shape Makelaran Live Berita TVB Live Mayeng-Mayeng Legenda Oriental dance Khutane Dhewe Live Get Real Music Mix Musik Indonesia Sign off TVB

11:00 11:30 12:30 17:00 18:00 18:30 19:00 19:30 20:00 21:00 21:30

Lintas 11 Non Stop Music Siaran Pendidikan TVE Karaoke Yuuk Edunews News Timez 30’ Dialogue Mutiara Indonesia Seni Menata Hati Lintas Berita Political View

6

RABU 4 November 2009

HARIAN SEMARANG

Pembagian Grup Divisi Utama AGUNG SETIADI, Karyawan, Semarang

Tak Konsisten! PSSI gimana sih? Katanya pembagian grup di divisi utama disesuaikan letak DOK geografis? Kok malah tiba-tiba PSIS ditaruh di grup III yang jauh dan bisa makan biaya yang banyak? Menclamencle!

Seberangi Laut

INAYAH, PNS, Semarang

Jangan Takut

TERNYATA klub-klub di divisi utama tidak kalah DOK kualitasnya dengan liga super. Contohnya PPSM dan Persibo yang jadi lawan PSIS di turnamen segitiga kemarin. Muhariah jangan takut ketemu Mbah Sartono. PEKSI CAHYO, Fotografer, Jakarta

Materi Bagus MAHESA Jenar materi tahun ini lebih bagus. Semoga hasilnya juga lebih DOK bagus daripada tahun lalu dan tidak mengecewakan pendukungnya. FRENIA NABABAN, Mahasiswi Paskasarjana, Semarang

I Love You Full WALAU persiapan minim, sempat terseok-seok pada partai uji coba dan DOK masih kesulitan dalam pendanaan tim, saya selalu dukung tim kebanggaanku, PSIS I Love You Full!

HARSEM/PAY

Christiano Lopes cs menghadapi tantangan berat untuk menuntaskan kompetisi musim ini

M

AHESA Jenar dipastikan berada di grup II (tengah). Kemarin, manajemen menerima konfirmasi resmi dari PT Liga Indonesia (LI) perihal pembagian grup tersebut. Grup II berisi 12 klub s gema sa nda pecandu PSIS dan mera an dari Jabar, Jateng, DIY, Jatim, dengan situasi terakhir tim kesayang satu klub dari Kaltim dan satu anda itu? Kirimkan kritik, saran alamat membangun, dan uneg-uneg ke klub asal Papua Barat. m atau email harian.semarang@yahoo.co Rincian grup II yang dirilis im Hasy id ke alamat redaksi Jl. KH Wah arang, secara resmi dan final pada 125-127 Ruko A1, lantai 3 Sem beserta foto santai. pukul 22.30 di situs PT LI, grup fi dan Kiriman berbau SARA, pornogra tengah di tempati PSIS, PPSM at. dimu hujatan tidak akan Sakti, Persikad, Persikota, Persikab Kab Bandung, Persis, Gresik United, Persidafon Dafonsoro, PS Deltras Sidoharjo, PS Mitra Kukar, PS Pro Duta, Persiba

A

PSIS Yunior

Angkut Semua Pemain

Bantul. Bisa dipastikan, PSIS bakal menyeberangi laut untuk sejumlah partai tandang. Melihat kondisi ini, pembagian grup didasarkan sesuai letak geografis dan pemerataan jumlah klub dalam satu grup. Mengingat dalam grup I (barat) terdapat satu klub PS Banyuasin, ditambah dalam grup II (timur) juga terdapat satu klub Persibom Bolaang Mongondouw yang mengundurkan diri. Manajer Tim Setyo Agung Nugroho mengatakan, PSIS siap menghadapi lawan-lawan di grupnya. “Dimanapun kami berlaga, baik di grup tengah atau timur, toh nanti kami juga bertemu tim-tim dari grup lain jika kami mampu maju ke putaran selanjutnya,” ujarnya. Pembagian ini di luar perkiraan semula, karena pada awalnya manajemen juga memperkirakan tim hanya bermain tandang di

PEMBAGIAN GRUP DIVISI UTAMA LIGA INDONESIA 2009/2010 GRUP I

GRUP II

GRUP III

1. Persiraja Banda Aceh

1. Persikad Kota Depok

1.

PSIR Rembang

2. PSDS Deli Serdang

2. Persikota Tangerang

2.

Persiku Kudus

3. PSAP Sigli

3. Persikab Kab Bandung

3.

PSIM Yogyakarta

4. PSSB Bireuen

4. Persis Solo

4.

PSS Sleman

5. PSMS Medan

5. Gresik United

5.

Persigo Gorontalo

6. Semen Padang

6 . Persidafon Dafonsoro

6.

Persibom**

7. Persires Rengat

7. PSIS Semarang

7.

PS Mojokerto Putra

8. Persih Tembilahan

8 . PPSM Sakti Magelang

8.

Persibo Bojonegoro

9. Persita Tangerang

9. PS Deltras Sidoarjo

9.

Persiram Raja Ampat

10. Persikabo Kab Bogor

10. PS Mitra Kukar

10. Perseman Manokwari

11. Persipasi Kota Bekasi

11. PS Pro Duta (Sleman)

11. PSBI Blitar

12. PS Banyuasin**

12. Persiba Bantul

12. Persipro Probolinggo

Jateng, Jabar, DIY dan Jatim. Ternyata terdapat dua klub dari luar Jawa. Dengan pembagian ini, dari sisi pembiayaan dipastikan membengkak dari jumlah yang semula dianggarkan. Sampai saat ini manajemen belum menerima surat

pemberitahuan resmi dari PSSI ataupun PT LI selaku regulator dan penyelenggara kompetisi kasta dua di Liga Indonesia. Manajemen baru menerima konfimasi dan melihat pembagian grup ini di situs resmi PT LI. (puthut)

Dua Pemain Belakang Datang

Skuad muda Mahesa Jenar

P

SIS Yunior akan berlaga di putaran 6 besar penyisihan Zona Jawa Piala Suratin, menghadapi tuan rumah Persema dan Persib, 5-9 November, di Stadion Gajayana Malang. Dalam putaran ini anak-anak asuhan Arlin Mirhan berpeluang melaju ke putaran selanjutnya. Semalam tim ini berangkat dari halaman Balaikota Semarang dengan menumpang bus milik Pemkot, menuju Malang. Sedianya tim akan berangkat hari ini, namun karena ada jadwal screening pukul 14.00 dan kemudian dilanjutkan dengan technical meeting (TM), manajemen pun mengubah waktu pemberangkatan. “Secara fisik dan teknik anak-anak sudah siap, tinggal bertanding. Mudahmudahan berjalan mulus dan tidak ada

HARSEM/PAY

masalah,” ujar pelatih Arlin. Untuk mental, akan dilihat nanti pada saat pertandingan. Ia berharap, anakanak asuhannya tidak terpangaruh hal-hal negatif yang dipraktikkan oleh lawan. Semua pemain berjumlah 28 orang dan seluruh ofisial dibawa serta. Dengan pertimbangan, semua pemain dalam keadaan siap dan memiliki motivasi tinggi menghadapi putaran ini. Pelatih tinggal memilih pemain yang paling siap, sedangkan pemain yang tidak terpilih bisa memberikan dukungan dari tribun. “Semua pemain dan ofisial dibawa, dengan pertimbangan tim ini sudah seperti keluarga. Tak ada pemain inti atau tidak, semua punya kualitas yang sama,” tandasnya. PSIS akan menggelar komposisi 44-2 atau 3-5-2. (puthut)

P

SIS akan kedatangan dua pemain lagi untuk menempati pos belakang. Meski kebutuhan PSIS adalah penggempur, namun pelatih Ahmad Muhariah meminta tambahan amunisi pertahanan. “Besok kalau sudah bisa datang, dua pemain itu akan langsung kami uji di latihan dan uji coba melawan PSIM,” kata Muhariah. Muhariah belum menyebutkan dua nama pemain itu. Yang jelas jebolan

Pro Duta Sleman dan eks Pelita Jaya Purwakarta. Dilihat dari kebutuhan PSIS yang masih kekurangan pemain lini depan, pelatih tetap fokus mencari sosok lini depan untuk menambah ketajaman serangan. “Ya, kebutuhan kami juga di lini depan. Nanti bisa sambil jalan mencari penyerang,” tambahnya. PSIS memang kekurangan pemain depan setelah Yaso tak diketahui statusnya. Hanya ada gelandang serang Gustavo

Chena serta dua striker Christiano Lopes dan Imral “Korea” Usman. Sementara itu HARSEM/PAY pemainRestu Kartiko (kanan) memerlukan pelapis lagi pemain pelapis Tinggal bagaimana pelatih macam Reza Dini dan Iwan memoles. (wiwig) Hari Wahyudi juga sudah mulai ‘panas’.

Kekuatan Grup II Tak Terduga

A

HMAD Muhariah tidak merasa keberatan jika PSIS berada di grup II (wilayah tengah) yang dihuni oleh 12 tim. Ia menegaskan setiap grup pasti punya kekutan tim yang merata. Jadi di manapun berada, persaingan pasti ketat. “Mau masuk grup mana saja tidak masalah, yang penting bagaimana tim siap bertanding,” ungkapnya. Dua belas tim yang tergabung dalam Zona Tengah Divisi Utama 2009/2010 menurut Muhariah adalah tim-tim yang sudah mempersiapkan diri jauh lebih lama dari PSIS. Bisa jadi di grup II ini akan ada banyak tim-tim underdog yang tak terduga kekuatannya. “Kita belajar dari pengalaman. Seperti kita lihat PPSM Sakti kemarin yang tidak terduga sebelumnya, pemainnya merata dengan kerjasama tim yang sangat bagus,” tambahnya PSIS sendiri susah payah untuk mengalahkan PPSM Sakti di Piala Kampoeng Semawis. Sedangkan Persibo sedikit bisa diatasi lantaran kerjasama anakanak asuhannya semakin membaik. Jumat (6/11), PSIS akan menjajal PSIM Yogyakarta, di Stadion Jatidiri. Sedangkan PSS Sleman akan dicoba saat PSIS tur ke Yogyakarta, 1112 November. (wiwig)

Siapa Lawan Perdana?

U

SAI pembagian grup kompetisi Divisi Utama 2009/2010, PT LI menggelar manager meeting yang diikuti oleh manajer-manajer tim Divisi Utama. Pertemuan manajer dilaksanakan 11 November. Sedangkan pendaftaran pemain tambahan dimajukan hingga 12 Desember. Sementara itu, jadwal laga perdana masih dirembug PT LI. Rencananya akan dirilis usai manager meeting. “Kami sendiri masih akan mempersiapkan jadwal kompetisi, sementara pembagian grup sudah dilakukan berdasarkan zona geografis dan kekuatan. Mungkin akan dirilis usai manajer meeting,” kata Darwis, staf Direktorat kompetisi PT LI sekaligus administrator kompetisi Liga Indonesia. Rencananya 25 November perhelatan kasta kedua Liga Indonesia ini resmi digelar, dan 34 klub akan menjalani kompetisi yang direncanakan akan bergulir sekitar 10 bulan. Ada dua putaran dalam Kompetisi Divisi Utama ini. Putaran kedua adalah babak 8 besar yang diikuti oleh juara dan runner up grup ditambah dengan peringkat ketiga terbaik. (wiwig/puthut)

Fisik Tinggal 40%, Siap Tantang Lawan Berat

G

ENJOTAN fisik menjelang uji coba akhir minggu ini mulai disamakan dengan genjotan teknik. Muhariah mengatakan, untuk saat ini, tim asuhannya sudah mencapai fase teknik. Mengenai fisik, sudah tinggal 40 % saja, “Kemarin (Senin, 4/11) tiga kali latihan fisik dan sekali teknik, tapi sekarang sudah sama-sama. Dua kali fisik dan dua kali teknik,” jelasnya, kemarin. Mengenai fisik pemain yang sebelumnya menjadi kendala utama tim racikannya,

Muhariah mengaku, saat ini latihan fisik sudah tinggal 40 %, sedangkan tekhnik 60 %, “Minggu depan kebutuhan fisik tinggal 20 %,” tandasnya. Mengingat masih adanya kelemahan lini depan yang tampak pada turnamen segitiga Kampoeng Semawis, Muhariah mengatakan pemanfaatan kekosongan masih belum bisa maksimal. “Yang kanan terlalu ke dalam. Makanya tadi saya dril shooting di daerah penalti dan tembakan jarak jauh. Mengenai kerjasama tim, saya menilainya sudah cukup bagus,” katanya.

Sementara itu, Manajer Tim Setyo Agung Nugroho menegaskan, frekuensi uji coba dengan kualitas tanding yang bagus akan semakin meningkatkan mental pemain dan kerjasama tim. “Kami memang harus sering melakukan uji coba dengan tim selevel, mengingat laga divisi utama tinggal beberapa minggu lagi. Kami juga akan menggelar uji coba di luar kandang untuk mengasah mental pertandingan anakanak,” ujarnya. (wiwig) Genjotan fisik terus dilakukan

HARSEM/PAY

RABU 4 November 2009

HARIAN SEMARANG

7

Regina Halmich

Jangan Coba Mencolek Regina

Bolt Adopsi J Bayi Cheetah S

PRINTER asal Jamaika Usain Bolt diakui sebagai manusia tercepat di dunia. Nah, bagaimana ceritanya bila manusia tercepat ini mengadopsi seekor cheetah, hewan tercepat di dunia? AllSport Senin Usain Bolt (2/11) Bolt mengadopsi seekor bayi cheetah berusia tiga bulan di Nairobi, Kenya. Cheetah kecil yang lalu diberi nama Lightning Bolt itu ditinggalkan oleh induknya di sebuah area perburuan di Kenya. Tindakan Bolt ini adalah sebuah bentuk dukungan sprinter 22 tahun itu kepada upaya konservasi lingkungan yang tengah digencarkan di Kenya. Dilansir ESPN, Bolt membayar uang 13.700 dolar AS untuk mengadposi cheetah itu dan akan memberikan biaya perawatan sebesar 3.000 dolar AS per tahun untuk merawat Lightning Bolt yang akan dibesarkan di sebuah tempat konservasi di Nairobi. Selain Bolt, turut berpartisipasi dalam acara sosial itu adalah Colin Jackson, mantan juara Olimpiade nomor lari gawang 110 m putra dan Jochen Zeitz, bos perusahaan apparel asal Jerman, Puma. Bolt memulai kunjungannya di Kenya sejak Jumat (29/10). Juara Olimpiade 2008 itu mengaku ingin melihat-lihat kekayaan alam liar Kenya, tapi mengurungkan niatnya karena ia mengaku takut pada singa. (rief)

ANGAN coba-coba mencoleknya kalau Anda tak ingin lebam dijotosi Regina Halmich. Regina adalah “Ratu Tinju” Jerman. Tadinya ia cuma female kickboxer dan pernah berturut-turut menjadi juara kickboxing Jerman 1992-1994. Sepanjang karirnya Regina telah mengalahkan sejumlah petinju pro ternama dan

mempertahankan gelarnya di kelas berat ringan. Meski cabang maskulin yang ia geluti, Regina tetap memiliki sudut seksi. Ia mengembangkan bisnis kosmetik dan menjadi petinju pertama wanita yang memiliki label kosmetik sendiri. Pada 2003, ia menjadi model bugil majalah Playboy Jerman. Saat menang TKO ronde 6

Pho

tob

atas Ria Ramnarine dari Trinidad dan Tobago pada 9 September 2006, rekornya menjadi 51 kali menang (30 KO), sekali kalah dan sekali seri. Setelah itu ia banyak menang angka. (rief)

Welcome Home, Beckham! DAVID Beckham akan ‘pulang’ ke AC Milan. Senang dengan kondisi ini, Beckham mengaku tak sabar. Milan dipastikan sukses meminjam Beckham dari LA Galaxy. Pemain berusia 34 itu akan mulai bermain membela “Rossoneri” Januari-Juni 2010. Kedatangannya ke Milan diharapkan dapat membuatnya mengunci satu tempat dalam skuad Inggris yang dibawa Fabio Capello ke Afsel, tahun depan.

kasih kepada Tim Leiweke dan Bruce Arena karena sudah memberikan saya peluang ini. Saya tetap dekat dengan Los Angeles Galaxy dan MLS, dan peduli dengan pengembangan sepakbola di Amerika. Saat ini saya berkonsentrasi penuh dengan menyelesaikan musim ini sebaik mungkin bersama klub saya dengan memenangi Piala MLS,” tegas Beckham. Beckham secara resmi akan bergabung dengan AC

Milan pada 28 Desember dan akan tetap bersama klub itu sampai akhir musim, yang berakhir pada 16 Mei, sebelum bergabung lagi dengan Galaxy usai Piala Dunia. Mantan bintang Real Madrid dan Manchester United itu sangat mungkin akan menjalani laga pertamanya di Seri A bersama Milan pada partai kandang menghadapi Genoa, 6 Januari 2010. (rief)

I

NI bukan kali pertama ia datang ke Milan. Pada periode yang sama tahun lalu ia pun sudah sempat bernaung di bawah panji klub raksasa Italia tersebut. Sudah tak sabar kembali datang ke Milan bukan berarti Beckham melupakan begitu saja kewajibannya dengan LA Galaxy yang kini tengah mengikuti playoff MLS. “Saya berterima

ll

Kiprah Warga

C Milan kini lebih sering mengusung formasi 4-3-3 yang menampilkan tiga gelandang dan dua penyerang sayap yang menyokong satu ujung tombak. Lantas di pos manakah Beckham? Dalam skema tersebut, Ronaldinho dan Pato akan berdiri sebagai penyerang sayap di depan tiga gelandang tengah. Duo Brasil itu bakal membantu satu penyerang tunggal dalam membobol gawang lawan. Nah, problem boleh jadi akan muncul dengan kedatangan Beckham. Meski dikenal bisa bermain di sejumlah lini, pemain Inggris berusia 34 itu akan lebih maksimal sebagai gelandang kanan, atau posisi outfield, dalam formasi standar 4-4-2. Beckham memang sudah pernah bermain untuk Rossoneri bulan Januari lalu, tapi saat itu Milan masih ditangani Ancelotti yang punya skema beda dengan Leonardo. Dengan formasi yang ada saat ini, bukan tak mungkin pemain yang dipinjam LA Galaxy itu kurang nyetel. Apakah Leonardo akan berusaha menata lagi formasi di lapangan ataukah justru Beckham yang beradaptasi dengan skema ala sang pelatih, masih harus ditunggu setelah si pemain resmi datang bulan Januari depan. Yang pasti kehadirannya sudah amat dinanti. (rief)

Footba

A

Ditaruh Mana?

David Beckham

uck

et

SEA Games XXV Tantangan Berat Andi

M

ENTERI Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menyiapkan program 100 harinya. Namun diakui oleh Andi bahwa SEA Games XXV merupakan tugas berat yang ada dihadapannya. “Hal paling berat menunggu di depan saya adalah SEA Games. Untuk mencapai target di SEA Games saya harus mempelajari dan melihat apa yang sudah dilakukan Pak Adyaksa sebelumnya, dan kita akan sinergikan dengan program-program,” kata Andi. Tekad Andi memang cukup tinggi agar lewat olahraga bangsa Indonesia bisa bicara di dunia internasional. “Saya ingin bentuk tim menang di cabang apa saja. Baik sepakbola, voli, tenis. Pokoknya harus bisa kibarkan Merah Putih dan lagu Indonesia Raya di forum internasional,” ujarnya seperti dilansir Antara. Namun Andi mengingatkan bahwa itu semua bukan hanya menjadi tugasnya sendiri. “Ini bukan tanggung jawab saja, tapi juga tanggung jawab kita bersama membawa nama baik Indonesia di pentas internasional. Saya berharap atlet, pelatih, dan pembina olahraga bisa sama-sama sinergi untuk bisa memenangkan medali sebanyak-banyaknya,” tuturnya menteri berusia 46 ini. (rief)

Andi Mallarangeng

H

alaman ini disediakan bagi warga masyarakat, lembaga instansi pemerintahan dan swasta, lembaga sosial kemasyarakatan, lembaga keagamaan untuk mengirimkan foto-foto kegiatan yang bernilai berita ke redaksi tanpa dipungut biaya. Foto harap disertai keterangan singkat dan dapat langsung dikirimkan ke redaksi maupun via email: harian.semarang@yahoo.com

HARSEM/POLTAK

Kantor BPN Semarang menyerahkan 100 sertifikat massal swadaya kepada warga nelayan Kelurahan Bandarharjo, baru-baru

Parade obor dalam memeriahkan Festival Kalibanger, belum lama ini

HARSEM/POLTAK

Persatuan Senam Indonesia melaksanakan halal bihalal dengan Walikota Semarang H Sukawi Sutarip didampingi Ny Sintho Sukawi di rumah dinas Walikota Manyaran, belum lama ini

HARSEM/DAYAT

Para siswa SDN 02-04 Kalibanteng Kidul berlatih membatik dalam acara kibar budaya di lapangan Simpang Lima, baru-baru ini

HARSEM/WARA

ANT

8

EKONOMI & BISNIS

HARIAN SEMARANG

Kurs Mata Uang Asing Mata Uang Nilai

Kurs Jual

Kurs Beli

AUD BND CAD

1.00 1.00 1.00

9,118.85 7,193.50 9,332.90

8,209.24 6,470.42 8,399.11

CHF DKK EUR GBP

1.00 1.00 1.00 1.00

9,842.25 1,997.18 14,861.58 16,463.76

8,858.09 1,798.00 13,381.17 14,820.23

HKD JPY NOK NZD

1.00 100.00 1.00 1.00

1,296.13 11,119.11 1,747.87 7,258.52

1,167.04 10,008.85 1,571.68 6,533.20

PGK SEK SGD THB

1.00 1.00 1.00 1.00

3,973.80 1,427.45 7,193.50 300.75

3,346.65 1,284.62 6,470.42 270.40

USD

1.00

10,045.00

9,045.00

Sumber: Bank Indonesia

Harga Emas Kota Semarang Kadar 99% 75% 42% 40%

Harga 24 karat 18 karat 10 karat Emas Putih

Rp. 317.000 Rp. 275.000 Rp. 165.00 Rp. 150.000

Sumber: APEPI Kota Semarang

Harga Bahan Bangunan Semen Tiga Roda Semen Gresik Pasir Batu bata Besi

Asbes

Triplek

Seng Cat tembok Cat besi Keramik dinding Keramik Lantai Pipa Pralon

1 sak 1 sak 1 bak colt 1000 biji 6 mili 8 mili 10 mili 180x105 cm 210x105 240x105 300x105 cm 3 mili 4 mili 6 mili 9 mili 12 mili 0,20 mili 0,30 mili Altex 5 kg Altex 800 gr 20x25 cm 20x20cm 1 inchi

Rp 41.000 Rp 41.500 Rp 150.000 Rp 350.000 Rp 20.000 Rp 30.000 Rp 46.000 Rp 39.000 Rp 45.000 Rp 52.000 Rp 63.000 Rp 39.000 Rp 49.000 Rp 65.000 Rp 105.000 Rp 135.000 Rp 23.000 Rp 35.000 Rp 75.000 Rp 32.000 Rp 33.000 Rp 33.000 Rp 32.000

Produksi Padi Diprediksi Meningkat PRODUKSI tanaman padi di Jateng tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan dibanding pada 2008 lalu. Dari data angka ramalan (ARAM III atau angka perkiraan September-Desember) Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, diperkirakan meningkat sebesar 9,50 juta ton gabah kering giling (GKG) atau mengalami kenaikan sebesar 367,8 ribu ton (naik 4,03%) dibandingkan dengan angka produktivitas pada 2008.

M

enurut Kepala BPS Jateng R Lukito Praptoprijoko, perkiraan adanya peningkatan produksi padi itu terjadi karena adanya kenaikan luas panen sekitar 55,61 ribu hektar atau sekitar 3,35%. Dengan demikian, lanjutnya, akan terjadi kenaikan produktivitas sebesar 0,36 kwintal/hektarnya atau sekitar 0,65%. “Dalam menentukan ARAM III, BPS Jateng selalu berkordinasi dengan Departemen Pertanian sehingga selalu waspada atas pergerakan produksi tanaman pangan. Untuk menentukan angka ARAM itu, kita mendasarkannya pada luas lahan yang ada,” jelasnya. Data ARAM yang dimiliki BPS saat ini, kata dia, lebih digunakan untuk mengetahui jumlah stok

atau kebutuhan tanaman pangan yang ada di wilayah Jateng. “Dengan demikian, kita bisa tahu apakah stoknya mencukupi atau tidak bagi masyarakat di Jateng. Selain itu, data ARAM ini bisa digunakan sebagai referensi untuk mengambil kebijakan dalam melakukan impor beras atau tidak,” ujarnya. Sementara dalam melakukan pendataan atau survei, ungkapnya, pihaknya selama ini telah menerjunkan petugas lapangan yang bertugas untuk mencatat hasil produksi yang ada di setiap daerah penghasil tanaman pangan. “Dalam survei, ada petugas di lapangan dan ditempatkan di tiap daerah penghasil,” paparnya. Selain tanaman padi, dia menjelaskan, terdapat pula tanaman palawija seperti jagung, kedelai,

kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, dan ubi jalar. Tanamantanaman pangan itu, kata dia, juga didata mengenai kenaikan produksi pada setiap tahunnya. “Untuk jagung, dari data ARAM III disebutkan adanya perkiraan kenaikan sebesar 3,20 juta ton pipilan kering, naik 515,99 ribu ton atau 19,25% dibanding pada 2008 lalu,”

Pasar Johar Beras C4 Telur Gula Minyak goreng Daging sapi Elpiji

6.000/kg 11.500/kg 9.300/kg 8.000/kg 60.000/kg 13.500/3kg

1 2 3 4 5 6

Pasar Peterongan Beras Telur Gula Minyak goreng Daging sapi Elpiji

6.000/kg 12.000/kg 9.300/kg 8.000/kg 60.000/kg 13.500/3kg

1 2 3 4 5 6

Pasar Jatingaleh Beras Telur Gula Minyak goreng Daging sapi Elpiji

6.000/kg 11.500/kg 9.500/kg 8.000/kg 61.000/kg 13.500/3kg

1 2 3 4 5 6

Pasar Karangayu Beras Telur Gula Minyak goreng Daging sapi Elpiji

6.000/kg 11.500/kg 9.300/kg 8.000/kg 60.000/kg 13.500/3kg

1 2 3 4 5 6

Pasar Bulu Beras Telur Gula Minyak goreng Daging sapi Elpiji

6.000/kg 11.000/kg 9.500/kg 7.700/kg 60.000/kg 13.500/3kg

Sumber: Sejumlah pasar di Semarang

Toko Oleh-oleh Semarang Wingko Babat Wingko Cap Kereta Api

Jl. Cendrawasih No. 14

Wingko Dyriana

Jl. Pandanaran 83 (8314434)

Wingko Super Sonic “Djoe” Jl. Pandanaran 51 (8318663)

Bandeng Presto

Bandeng – Juwana

Jl. Pandanaran 83 (8314434)

Bandeng Presto

Jl. Pandanaran 67 (8313530)

Bandeng Presto ARWANA

Jl. Pandanaran 65 (8444522)

Bandeng Duri Lunak

Jl. Pandanaran 41 (8414341)

Bandeng Bakar Tanpa Duri

Jl. A Yani 189 (841 2491 ext 4)

Lunpia

Loenpia Mbak Lien

Jl. Pemuda (0818242086)

Loenpia Lumba-Lumba

Jl. Pandanaran 41 (8414341)

Loenpia Semarang – Juwana Jl. Pandanaran 83 (8314434)

tandasnya. Perkiraan kenaikan produksi, menurut dia, juga terjadi pada kedelai, sekitar 178 ribu ton biji kering, naik sebesar 11,21 ribu ton atau naik 6,7% dibanding 2008. Kenaikan itu sendiri diperkirakan adanya kenaikan luas panen. Sementara dari sejumlah tanaman pangan tersebut, jelas Luki-

to, terdapat satu tanaman pangan yang mengalami penurunan produksi, yakni kacang tanah. “Produksi kacang tanah diperkirakan sebesar 168 ribu ton biji kering, turun sebesar 3,31 ribu ton atau turun 1,93 % dari 2008 lalu. Hal itu dikarenakan adanya penurunan luas panen sebesar 7,5 ribu hektar atau 5,5%,” tandasnya. (ariel)

Investasi Asing Capai 34,25 Juta Dolar

A

Puluhan orang mengikuti ujian standar profesi pasar modal di Semarang

1 2 3 4 5 6

HARSEM/CUN CAHYA

Sejumlah petani di Semarang sedang memanen padi

Sumber: Sejumlah toko bangunan di Semarang

Harga Sembako

RABU 4 November 2009

M

HARSEM/ARIEL

Ekspansi Sekuritas Terkendala SDM

INIMNYA pialang saham bersertifikasi membuat sejumlah perusahaan sekuritas di wilayah Jateng menunda rencana perluasan pasar (ekspansi) ke beberapa daerah. Rencana ekspansi itu sendiri, sebenarnya telah digalakkan sejumlah perusahaan sekuritas, mengingat potensi investasi pasar modal di Jateng dinilai semakin prospektif. Ketua Ikatan Pialang Efek Indonesia Komisariat daerah (IPEI Komda) Semarang Hari Prabowo mengatakan bahwa sampai sekarang tercatat sekitar 30 perusahaan sekuritas yang membuka kantor cabang atau perwakilan seperti di Kota Semarang, Solo, Pekalongan, dan Tegal. Bahkan, menurutnya, pada 2010 mendatang akan terdapat beberapa perusahaan sekuritas yang akan berdiri di Kota Sema-

rang dan Kota Solo, seperti Philip Securities, CIMB Niaga, dan Krisna Securities. Namun, ia menjelaskan, proses ekspansi sejumlah perusahan sekuritas itu masih terkendala dengan minimnya tenaga kerja yang bersertifikasi dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BapepamLK). Dengan demikian, lanjutnya, realisasi ekspansi menjadi tertunda. “Sudah ada sejumlah perusahaan yang siap membuka kantor cabang di Semarang dan Solo, karena melihat ada potensi bagus di sini. Tapi SDM sebagai faktor penentunya justru belum tersedia,” ujarnya. Untuk mengupayakan realisasi ekspansi sejumlah perusahaan sekuritas tersebut, Hari Prabowo yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Pendidik-

an dan Pelatihan Pasar Modal (LP3M) Investa itu, kini telah menyelenggarakan ujian sertifikasi pialang saham. Ujian itu sendiri telah bekerja sama dengan panitia standar profesi pasar modal pada setiap tahunnya. Meski begitu, ungkap dia, tingkat kelulusannya hingga kini masih relatif rendah, yakni sekitar 20%. Sementara secara nasional, lanjutnya, saat ini baru sekitar 15.000 orang yang lulus ujian standar profesi pasar modal yang diselenggarakan sejak 1992. “Mereka yang ingin dapat izin perorangan dari BapepamLK memang harus lulus dalam ujian kecakapan profesi pasar Modal yang digelar panitia standar profesi pasar modal,” kata Djoko Wibowo, yang juga panitia pengawas ujian standar profesi pasar modal ini. (ariel)

NGKA realisasi investasi dari sejumlah penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) di Jateng pada 2009 ini, mengalami peningkatan sejak Januari hingga Oktober, dengan 34 proyek, di mana 29 di antaranya merupakan PMA dan lima lainnya PMDN. Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanaman Modal (BPM) Jateng Agung Sugihantono, kepada Harsem, kemarin. Menurut dia, angka realisasi investasi PMA hingga Oktober mencapai sekitar 34,25 juta dolar AS, sedangkan PMDN mencapai Rp 2,57 tiriliun. Meski terjadi peningkatan pada tahun ini, lanjutnya, namun angka realisasi itu masih rendah dibanding pada 2008 lalu, di mana terdapat 36 PMA dengan investasi senilai 39,4 juta dolar AS, serta 15 PMDN senilai Rp 1,34 triliun. “Sebagian besar masih bergerak di bidang industri kayu, tekstil, makanan, logam, dan elektronik. Sisanya di bidang industri peternakan, perdagangan, reparasi, industri instrumen kedokteran, kimia, dan farmasi,” katanya. Sementara untuk angka penyerapan tenaga kerja dari realisasi investasi pada 2009, katanya, terdapat sebanyak 5.021 orang asli warga negara Indonesia (WNI) di 29 proyek PMA yang telah beroperasi. Sedangkan untuk lima proyek

PMDN, lanjutnya, telah terserap sebanyak 2.694 orang WNI. “Dari 29 proyek PMA itu, delapan proyek di antaranya bergerak di bidang industri kayu di Kabupaten Jepara, namun penyerapan tenaga kerja terbesar berada di industri tekstil (PT Primayudha Mandiri Jaya) di Kabupaten Boyolali sebanyak 1.009 orang,” katanya. Sedangkan untuk lima proyek PMDN, penyerapan tenaga kerja terbesar ada pada industri karet dan plastik (PT Polysindo Eka Perkasa) di Kabupaten Kendal sebanyak 1.650 orang dan industri tekstil (PT Sinar Piala Mulia Djaja) di Kabupaten Semarang sebanyak 650 orang. Ia juga menegaskan, angka realisasi itu dihitung berdasarkan industri yang telah memiliki izin usaha daerah (IUD) dan izin usaha industri (IUI), serta telah beroperasional. Sementara itu, untuk industri yang telah masuk tetapi belum dilengkapi dengan izin dan belum beroperasi sebanyak 42 proyek PMA dan 22 PMDN. “Untuk proyek PMA dan PMDN yang masih dalam tahap proses perizinan, kita masukkan dalam data perkembangan perusahaan di Jateng. Untuk nilai investasi dari 42 proyek PMA itu sekitar 4,2 miliar dolar AS dan Rp 675 miliar untuk 22 proyek PMDN,” jelasnya. (ariel)

Pengembang Kondotel Solo Bidik Pasar Semarang

T

REN hidup di kondotel (kondominium plus hotel) saat ini terus dikembangkan di Jateng. Hal itu terlihat dengan adanya ekspansi penjualan pasar kondotel dari Kota Solo ke Kota Semarang, seperti yang kini tengah dilakukan pengembang Solo Paragon. Pengembang tersebut kini ikut serta sebagai peserta “Pameran Perumahan Real Estat Indonesia (REI) Expo IV 2009”, di Mal Ciputra Semarang. Menurut Event & Promotion Manager PT Sunindo Gapura Prima (Solo Paragon) Nia Kurniawati, pembangunan kondotel semata-mata untuk menunjang perekonomian, pariwisata, dan perdagangan di Kota Solo. “Di Solo Paragon terdapat sa-

rana perbelanjaan, sentra bisnis, rekreasi, dan entertainment, sekaligus kondominium atau apartemen yang memadai,” katanya, saat ditemui Harsem, di lokasi pameran. Ia optimistis, dengan mengikuti pameran REI kali ini, maka kondominium atau apartemen dapat diterima pasar Semarang. Nia mengaku, pihaknya kini terus menggenjot penjualan, karena pada Desember mendatang diharapkan Solo Paragon sudah dapat beroperasi. ‘’Proses finishing sedang dilakukan dan akhir Desember atau awal tahun sudah serah terima. Ini mengingat penjualan kondotel mencapai 95%, sedangkan residence sekitar 75% dari total 440 unit yang dipasarkan,’’ jelasnya.

Pengunjung melihat Maket Apartemen Solo Paragon

Dalam pameran itu, pihak pengembang menampilkan maket kawasan Solo Paragon beserta

HARSEM/ARIEL

fasilitasnya. Dengan luas area 4,1 hektar, Solo Paragon terletak di jantung Kota Solo di Jalan Yosodi-

puro 133 ini, terdiri dari 25 lantai Luxury Apartment dan Condotel. Soal pembangunan apartemen di Kota Semarang saat ini, Marketing Manager Apartemen Tendean Imperial Residence, Nikolaus mengatakan, pihaknya baru dapat menyelesaikan pembangunan apartemen pada akhir 2011. “Nilai investasi Rp 200 miliar, dengan luas tanah sekitar 2.000 meter” katanya. Tendean Imperial Residence nantinya akan dibangun 10 lantai dengan 150-an unit. Apartemen tersebut akan menerapkan sistem jual dengan harga Rp 360 juta. “Saat ini sudah 40% yang pesanan-red), dan biasanya mereka yang beli apartemen untuk dipakai sendiri,” jelasnya. (ariel)

9 GAGAS Menunggu Realisasi Program Prorakyat

RABU 4 November 2009

HARIAN SEMARANG

Tujuan

Jam Berangkat

Garuda Indonesia

Jakarta

06.05, 07.35, 09.20, 10.55,12.35, 14.55, 16.00, 17.00, 18.35

Mandala

Jakarta

06.10, 07.25,13.25, 17.50 (Daily)

Sriwijaya Air

Jakarta

06.20, 11.40 (Daily) 20.05 (Jum’at & Minggu)

Batavia Air

Jakarta

08.30, 17.30 (Daily)

Lion Air

Jakarta

06.50, 11.40, 15.15

Sriwijaya Air

Surabaya

09.40 (Daily), 20.05 (Senin s.d. Kamis & Sabtu) 18.35 (Jum’at & Minggu)

Sumber : Bandara A. Yani Semarang

*) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Ke Jurusan Jakarta Kereta Api

Berangkat

Argo Anggrek

Smg Tawang

12.41

Datang Gambir

18.36

Kelas Eksekutif

Argo Anggrek

Smg Tawang

00.39

Gambir

06.31

Eksekutif

Argo Sindoro

Smg Tawang

06.30

Gambir

11.23

Eksekutif

Argo Muria

Smg Tawang

16.00

Gambir

21.34

Eksekutif

Sembrani

Smg Tawang

23.50

Jkt Kota

06.23

Eksekutif

Gumarang

Smg Tawang

22.44

Jkt Kota

06.17

Eksekutif Bisnis

Kamandanu

Smg Tawang

21.00

Gambir

03.49

Eksekutif

Bangun Karta

Smg Tawang

21.40

Pasar Senen

05.26

Eksekutif Bisnis

Senja Bisnis

Smg Tawang

20.00

Pasar Senen

03.10

Bisnis

Fajar Bisnis

Smg Tawang

08.00

Pasar Senen

14.55

Bisnis

Matarmaja

Smg Poncol

00.58

Pasar Senen

07.27

Ekonomi

Brantas

Smg Poncol

20.52

Tanah Abang

05.30

Ekonomi

Kertajaya

Smg Poncol

21.22

Pasar Senen

05.58

Ekonomi

Tawang Jaya

Smg Poncol

19.00

Pasar Senen

02.16

Ekonomi

Harina

Smg Tawang

04.19

Eksekutif

Argo Anggrek

Smg Tawang

15.23

Pasarturi

19.58

Eksekutif

Argo Anggrek

Smg Tawang

03.22

Pasarturi

07.57

Eksekutif

Ke Jurusan Bandung 20.30

Bandung

Ke Jurusan Surabaya

Rajawali

Smg Tawang

08.25

Pasarturi

13.27

Eksekutif

Sembrani

Smg Tawang

02.00

Pasarturi

07.02

Eksekutif

Gumarang

Smg Tawang

01.43

Pasarturi

06.45

Eksekutif Bisnis

Kertajaya

Smg Poncol

01.20

Pasarturi

06.30

Ekonomi

05.12

Eksekutif Bisnis

08.14

Ekonomi

07.32

Ekonomi

11.06

Bisnis

Ke Jurusan Jombang Bangunkarta

Smg Tawang

22.47

Jombang

Ke Jurusan Kediri Brantas

Smg Poncol

Matarmaja

Smg Poncol

Kaligung

Smg Poncol

23.55

Kediri

Ke Jurusan Malang 21.50

Malang

Ke Jurusan Tegal 08.30

Tegal

Kaligung

Smg Poncol

16.50

Tegal

19.41

Bisnis

Kaligung

Smg Poncol

06.05

Tegal

08.42

Ekonomi

Kaligung

Smg Poncol

13.15

Tegal

16.08

Ekonomi

Feeder Lokal

Smg Poncol

09.45

Ekonomi

Krd Ekspres

Smg Poncol

08.50

Cepu

11.44

Bisnis

Krd Ekspres

Smg Poncol

17.30

Cepu

20.46

Bisnis

Pandanwangi

Smg Poncol

08.35

Solo Balapan

11.46

Bisnis

Pandanwangi

Smg Poncol

16.55

Solo Balapan

20.22

Bisnis

10.10

Ekonomi

Ke Jurusan Bojonegoro 05.35

Bojonegoro

Ke Jurusan Cepu

Ke Jurusan Solo

Ke Jurusan Solo - Sragen Banyubiru

Smg Poncol

06.30

Sragen

Sumber : DAOP IV Semarang

*) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Oleh Agus Salim

R

ATUSAN masukan untuk menyempurnakan program 100 hari maupun 5 tahun pemerintah telah disampaikan oleh sejumlah kalangan dalam forum Temu Nasional beberapa waktu lalu. Dan kini masyarakat tinggal menunggu pengumuman dan implementasi program-program itu. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Pasar Modal dan Keuangan Non Bank, Wishnu Wardhana mengatakan, program-program pemerintah itu diharapkan akan memberikan jawaban atas harapan masyarakat termasuk masyarakat kalangan global bahwa prospek perekonomian Indonesia mendatang akan lebih menggembirakan. Sepuluh tahun yang lalu, bangsa Indonesia berangkat dengan pesimisme termasuk dari kalangan internasional, namun saat ini telah muncul adanya kemajuan termasuk bidang ekonomi. Beberapa bulan lalu, kalangan internasional seperti majalah The Economics menilai adanya kebangkitan perekonomian Indonesia. Media itu memasukkan Indonesia sebagai bagian dari kelompok BRIC yaitu Brazil, Rusia, India, dan China. OECD juga memasukkan Indonesia sebagai negara yang mempunyai prospek menggembirakan. Pada hari pertama (29/10), acara Temu Nasional dihadiri oleh 1.573 peserta dan pada hari kedua (30/10) dihadiri 1.300 peserta. Mereka adalah para pemangku kepentingan seperti anggota Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, gubernur, pimpinan DPRD, eselon I kementerian/lembaga, asosiasi di KADIN, tokoh masyarakat, LSM, dan wakil dari perguruan tinggi. Sementara itu Peneliti Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Mahmudi mengharapkan “National Summit” digelar bukan hanya simbolis dari gagasan pemerintahan baru untuk mencari jalan keluar percepatan pembangunan dan menjadi program yang tidak bisa diimplementasikan. Menurutnya, sebagai per-

Pemerhati Masalah Ekonomi & Kesejahteraan Masyarakat temuan puncak para pemangku kepentingan pembangunan, baik itu dari kabupaten, kota, provinsi, juga pemerintah pusat serta swasta, Temu Nasional sangat strategis untuk merumuskan sinergi pembangunan ke depan. Berkumpulnya para stakeholder membuat berbagai masalah yang dialami dapat dikemukakan untuk dicarikan jalan keluar. Dan dengan adanya sinergi maka pembangunan akan semakin terarah dan lebih baik lagi, ungkap Mahmudi. Sementara, Menko Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan bahwa pemerintah mendapatkan ratusan masukan untuk dijadikan rekomendasi dalam penyusunan program 100 hari dan 5 tahun melalui Nasional Summit. Hatta menyebutkan, dari tiga bidang yaitu perekonomian, kesejahteraan rakyat, dan politik hukum dan keamanan (polhukam) telah dibentuk 17 komisi untuk membahas masalah-masalah penting di tiga bidang itu. Berbagai rekomendasi telah dilaporkan oleh masing-masing fasilitator kepada ketiga Menteri Koordinator. Selanjutnya, tiga Menko

kan penurunan ekonomi dunia yang sangat drastis dari 3,0% menjadi 1,1%. Pemulihan diharapkan terjadi pada 2010 dengan pertumbuhan sebesar sekitar 3,1%, sementara pada 2009 sebesar sekitar 2,5%. Meskipun perekonomian dunia melemah, Indonesia menunjukkan hal positif, dan dianggap sebagai salah satu negara yang mengalami pertumbuhan tinggi, dan cukup baik menghadapi krisis sehingga pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mencapai 4,3% pada 2009. Hatta menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2014 diharapkan tidak kurang dari 7% di mana tahun 2010 mencapai 5,5-5,6%, tahun 2011 sebesar 6,6-6,9%, tahun 2012-2013 sebesar 6,77,4%, dan 2014 sebesar 7%. Rekomendasi Penting Sejumlah rekomendasi penting dalam bidang perekonomian, bidang kesejahteraan rakyat, dan bidang politik hukum dan keamanan (polhukam), muncul dalam Temu Nasional yang berlangsung di Jakarta pada 29-30 Oktober 2009. Rekomendasi bidang perekonomian meliputi sektor infrastruktur, revitalisasi industri dan

Maskapai

Program kesra terutama pada desa-desa miskin seperti beras bersubsidi, bantuan operasional sekolah (BOS), jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas), dan pemberian bea siswa bagi siswa dari keluarga miskin melaporkan masukan-masukan itu kepada Wakil Presiden Boediono yang kemudian akan diserahkan kepada Presiden sebagai bahan penyempurnaan program 100 hari dan lima tahun pemerintah. Hatta menyebutkan, pencapaian pertumbuhan ekonomi yang berkualitas merupakan agenda penting pemerintah periode 2009-2014. Pertumbuhan ekonomi ditargetkan mencapai 7% pada 2014 yang diikuti dengan penciptaan lapangan kerja dan penurunan tingkat kemiskinan. Krisis global yang cukup berat tahun 2008 menyebab-

jasa, ketenagakerjaan, pariwisata, energi, energi terbarukan, pemberdayaan UMKM, transportasi, dan pangan. Pada sektor infrastruktur antara lain direkomendasikan perlunya Perppu pengadaan tanah, pengaturan pengelolaan dana badan layanan umum (BLU), perbaikan skema kerjasama pendanaan pemerintah dan swasta, dan pembentukan Lembaga Pembiayaan Infrastruktur. Rekomendasi pada revitalisasi industri dan jasa antara lain perlunya perbaikan kinerja PLN untuk meminimalkan pemadaman dan perbaikan

kinerja Perusahaan Gas Negara sehingga suplai gas kepada industri stabil. Pada sektor ketenagakerjaan antara lain direkomendasikan perlunya perbaikan infrastruktur transportasi khususnya di pelabuhan besar dan peningkatan kapasitasnya. Pada sektor pariwisata antara lain direkomendasikan adanya pengurusan visa on arrival di dalam pesawat. Pada sektor energi antara lain direkomendasikan perlunya jaminan pasokan energi dari pemerintah, dan perlunya menerbitkan Perpres tentang proyek percepatan pembangunan proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt tahap II. Pada sektor energi terbarukan antara lain direkomendasikan perlunya keringanan pajak untuk energi terbarukan, Pada pemberdayaan UMKM antara lain direkomendasikan perlunya pembentukan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) melalui UU dan perbaikan prosedur pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pada sektor transportasi antara lain direkomendasikan penyelesaian kerangka regulasi logistik di antaranya menyusun jaringan transportasi laut yang terintegrasi untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, dan meningkatkan pelayanan angkutan umum massal di kota-kota besar. Pada sektor pangan antara lain direkomendasikan perlunya penelaahan kembali peraturan terkait tata ruang dan ketersediaan lahan termasuk hutan. Sementara itu bidang polhukam meliputi sektor pemantapan otonomi daerah dan pembangunan daerah, pelayanan publik dan reformasi birokrasi, pencegahan dan pemberantasan korupsi, reformasi hukum dan perlindungan HAM, pemberantasan dan pencegahan terorisme, dan pertahanan. Pada pemantapan otonomi daerah dan pembangunan daerah, antara lain diusulkan evaluasi terhadap keinginan pemekaran daerah; pilkada diselenggarakan daerah lebih efisien, efektif dan tidak berdampak pada kenyamanan masyarakat; perimbangan dana alokasi umum ke daerah; pelayanan publik, aparatur perlu memenuhi pelayanan yang lebih cepat. Rekomendasi pada sektor

pelayanan publik dan reformasi birokrasi antara lain penguatan pengaduan lembaga masyarakat terkait pemerantasan korupsi, dan perizinan yang lebih cepat. Pada pencegahan dan pemberantasan korupsi antara lain direkomendasikan perlunya pengaturan interaksi dan pemantapan hubungan antar lembaga hukum KPK, kepolisian, kejaksaan dan pengadilan; dan pemberdayaan lembaga perlindungan saksi. Pada reformasi bidang hukum dan perlindungan HAM, rekomendasi yang muncul antara lain peningkatan koordinasi antara produk hukum di pusat dan daerah atau sektoral yang tumpang tindih, rekrutmen aparat bidang hukum yang baik, dan kepastian hukum bagi pengusaha, birokrat yang melaksanakan program pemerintah. Untuk pemberantasan dan pencegahan terorisme antara lain diusulkan agar hasil penyelidikan intelejen bisa dipakai penegak hukum terkait teroris, dan teroris tidak hanya ditangani oleh aparat kepolisian tetapi harus tanggung jawab semua komponen bangsa, sebagai bagian pencegahan. Di sektor pertahanan, antara lain diusulkan perlunya langkah terobosan pengadaan alutsista karena penambahan anggaran Rp 5 trilun di 2010 tidak bisa mengejar idle selama 15 tahun terakhir. Langkah terobosan itu berupa memberdayakan industri dalam negeri dan pembiayaan dalam negeri. Bidang kesejahteraan rakyat terdiri atas 6 komisi yaitu pengentasan kemiskinan, peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan relevansi dan daya saing pendidikan, perubahna iklim, peningkatan kualitas dan kompetensi tenaga kerja, dan komisi agama dan pembangunan. Pada pengentasan kemiskinan, misalnya disarankan perlunya meningkatkan efektivitas dan keberlanjutan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM), implemtasi yang lebih efektif berbagai program kesra terutama pada desa-desa miskin seperti beras bersubsidi, bantuan operasional sekolah (BOS), jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas), dan pemberian bea siswa bagi siswa dari keluarga miskin. ***

kekuasaanlah yang menguasai titik-titik reklame di Simpanglima. Perlu kita ketahui, ciri kota besar adalah adanya penataan kawasan yang rapi dan terkoordinir tidak secara parsial. Dengan demikian, kenyamanan dan estetika sebuah kota tetap terjaga dengan baik, sebagai salah satu ikon atau ciri kota itu sendiri. Untuk itu saya sangat berharap penataan kawasan Simpanglima dilakukan secara terpadu. Adanya in-

tegralisasi proses nampaknya akan membuat semua pihak terkait terkoodinir dalam satu kerangka berpikir yang sama. Jadi jangan satu persatu, tapi menyeluruh. Dengan demikian, saat satu pihak selesai melakukan penataan, pihak lain tidak ngrecoki dengan menata sisi lain. Semua harus terkoordinir. Dan ini nampaknya mendesak untuk dilakukan.

ASPIRASI Nama Kapal

Datang

Berangkat

Tgl

Jam

Dari

Tgl

Jam

Tujuan

KM Dharma KCN II 05-11

20.58

Kumai

06-11

14.00 Pontianak

KM Satya KCN1

08-11

00.37

Ketapang

08-11

20.00 Ketapang

KM Dharma KCN II 10-11

05.53

Pontianak

10-11

21.00 Kumai

KM Satya KCN1

13-11

00.37

Ketapang

14-11

14.00 Ketapang

KM Dharma KCN II 13-11

00.58

Kumai

13-11

15.00 Pontianak

KM Dharma KCN II 17-11

16.53

Pontianak

17-11

21.00 Kumai

KM Satya KCN1

18-11

23.37

Ketapang

19-11

19.00 Ketapang

KM Dharma KCN II 19-11

23.58

Kumai

20-11

14.00 Pontianak

KM Satya KCN1

24-11

00.37

Ketapang

24-11

20.00 Ketapang

KM Dharma KCN II 24-11

04.53

Pontianak

24-11

20.00 Kumai

KM Dharma KCN II 26-11

23.58

Kumai

27-11

14.00 Pontianak

KM Satya KCN1

03.37

Ketapang

30-11

14.00 Ketapang

29-11

*) Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah

Sumber : PT Dharma Lautan Utama

Redaksi menerima artikel opini. Setiap artikel yang dikirim hendaknya ditik spasi rangkap, maksimal 5.000 karakter. Kirim ke redaksi Jl. Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Lantai 1-3 Semarang atau email: harian.semarang@yahoo.com, disertai biodata singkat dan foto. Sementara, bagi yang mengirim Aspirasi (surat pembaca) harap disertai fotokopi bukti diri, dikirim ke redaksi atau email.

Pendaftaran Panwascam KPU Kota Semarang kembali membuka pendaftaran pengawas pemilihan umum tingkat kecamatan (panwascam), karena masih ada 11 kecamatan yang belum terbentuk. Pendaftaran dimulai 2/11 hingga 7 November 2009. Kenapa ada pendaftaran gelombang kedua, karena menurut Hakim Junaedi, Ketua KPU Kota Semarang, dari 16 kecamatan yang ada sampai saat ini baru lima kecamatan yang terbentuk panwascamnya. Kecamatan yang sudah terbentuk adalah Kecamatan Semarang Selatan, Semarang Tengah, Semarang Timur, Mijen, dan Pedurungan. Di 11 kecamatan yang belum terbentuk, sebelumnya hanya ada tiga atau empat orang sehingga kurang dari syarat yang ditentukan untuk dilakukan uji kelayakan dan

kepatutan (fit and proper test) yakni sebanyak enam orang. Dari sini jelas nampak bahwa minat untuk menjadi panwas pemilu sudah sepi. Apakah ini indikasi bosannya masyarakat terhadap pemilu, atau ada faktor lain yang bisa membuat menjadi panwas pemilu itu bukan hal yang menarik. Maka demi suksesnya Pilwalkot Semarang, saya berharap teman-teman yang mempunyai kemampuan untuk menjadi panwas untuk bisa mendaftar ke KPU, agar proses bisa segera jalan. Terima kasih H. Budiman Genuk Indah Semarang

Yuk Menata Simpang Lima SEBAGAI warga Semarang yang hampir tiap Minggu pagi jalan-jalan di Simpang Lima, sangat berharap Pemkot Semarang bertindak tegas

HARIAN SEMARANG

dalam menata reklame yang ada di kawasan itu. Sebagai ibukota Jateng, Simpanglima yang berada di jantung kota merupakan ikon. Karena itu keberadaan reklame yang semrawut dikhawatirkan akan dapat mencoreng nama baik kota ini. Gubernur Jateng juga pernah menyorot penataan Simpanglima yang terkesan semrawut. Bila ini tidak segera dibenahi, akan menjadi pertaruhan nama baik Semarang sebagai ibukota Jateng dari berbagai aspek. Makanya jangan sampai penataan reklame di jantung kota ini terkesan semrawut, sehingga kesannya penataan kota pada keseluruhan ikut terkesan semrawut. Sehingga wajar kiranya bila Dinas Penerangan Jalan dan Reklame (PJPR) yang membawahi bidang ini bersikap serius, tegas dan adil. Hal ini juga didorong adanya informasi bahwa anak pejabat tertentu atau kelompok tertentu yang dekat dengan

Slamet Riyadi Pengapon Semarang

Kirim ke 081225634588

FORUM Han Bersatu Wilayah Eks Karisedenan Semarang, untuk penegakan dan pemajuan: TAO Jiao serta RU JIAO, menghimbau kepada semua umat Tridharma untuk kembali kepada ajaran asli dari pencetusnya, bukan mencampuradukkan dan atau mengubah kepemilikan hak intelektual dan hak pewahyuan dari pencetusnya. Hingga kita tidak melupakan: sumber, bibit, akar, cipta rasa, harga diri dan jati diri. (Kwan Wei Ping SH/085225258474)

Pendiri: H Suwanto, SE, MM Pemimpin Umum: H Iwan Haryanto, S.Hut, MIB Wakil Pemimpin Umum: Drs Anggoro Suprapto Pemimpin Redaksi: Drs H Ragil Wiratno, MH Dewan Redaksi: Dr H. Noor Achmad, MA, Indra Supono, Iwan Haryanto, Anggoro Suprapto, Ragil Wiratno Litbang: Arief Mudzakir, Nugroho PS Sekretaris Redaksi: Freddy Ismawan Redaktur Semarang Banget Pelaksana: Wibowo Prasetyo, Sugayo Jawama Staf Redaksi: Arief Rahman, Puji Joko Sulistyo, Poltak Sinaga, Saefudin, Sardi AK, Teguh Argari Bisono Reporter: Andik Sismanto, Ariel Noviandri, Budi Prayitno, Hery Priyono, Lissa Febrina, Mohammad Ichwan, Muhammad Ibnu Abas, Nur Hidayat, Panji Joko Satrio, Phutut Ami Luhur, Prihati Puji Utami, Tri Wuryono, Wara Merdekawati, Wiwig Prayugi Fotografer: Cun Cahya, Indra Prabawa Desain dan Lay Out: Anton Sujarwadi, Fahreis Hertansyah, Prasetya Widodo, Heri Gunawan, M. Fatoni Penerbit: PT. Semesta Media Pratama Pimpinan Perusahaan: Dwi Arum Dhati, SE Direktur Utama: Iwan Haryanto Iklan: Dhiny Etika Rully Hapsari, Ambar Adi Winarso Sirkulasi: Samiaji Pujohastono Promosi dan Pemasaran: Andi Putra Alam, Much Lukman Alamat Redaksi: Jl. KH Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Floor 1-3 Semarang Telp: 024-3512771, Fax: 024-3516531, Iklan dan Sirkulasi: 024-3518359, E-mail: harian.semarang@yahoo.com, Blog: http://hariansemarangbanget.blogspot.com Wartawan Harian Semarang selalu dibekali tanda pengenal dan dilarang menerima atau meminta sesuatu dari nara sumber

10

IKLAN BARIS - KOLOM

TARIF IKLAN

2009

HARIAN SEMARANG

JENIS IKLAN Baris Kolom Advetorial Display

BW

FC

6.000/baris 6.500/mmk 8.500/mmk 10.000/mmk

11.000 13.000

KETERANGAN min. 2 baris, max. 10 baris min. 1k x 30 mm, max. 2k x 100 mm min. 2k x 100 mm min. 2k x 50 mm

JENIS IKLAN

BW

FC

KETERANGAN

Display Pendidikan Display Keluarga Display Sosial Display Duka Cita

7.500/mmk 5.500/mmk 5.500/mmk 5.000/mmk

-

-

Hot Line IKLAN

Harian Semarang (024) 3512771 Fax: (024) 3516531 Ambar: (024) 70504289 - Tika: (024) 70176177 Email: hariansemarang@yahoo.co.id Blog: http://hariansemarangbanget.blogspot.com

Ket: Harga belum termasuk PPN 10 % 1 kolom = 38 mm, 1 baris = 32 karakter

PROMO AKHIR TAHUN IKLAN SEMUT Jumlah Baris

Muat (6 Kali)

Muat (12 Kali)

Muat (25 Kali)

2

43.600,00

63.400,00

82.500,00

3

53.500,00

71.300,00

99.000,00

4

63.400,00

5

99.000,00

88.800,00

112.200,00

138.600,00

165.000,00

6

107.000,00

156.900,00

178.200,00

7

110.900,00

171.900,00

196.400,00

8

126.800,00

196.500,00

264.000,00

9

142.600,00

213.900,00

297.000,00

10

158.400,00

229.700,00

330.000,00

Berlaku sampai 31 Desember 2009, Sudah termasuk PPN 10% AGRIBISNIS MAU HASIL PERTANIAN BAIK melimpah memuaskan unggul? pupuk HANTU.100% organik herbal. hubungi: 081901113356(dist. prov JATENG DIY) 0235/IKL/VIII (31/9)

BINATANG RUMAH HARLEY BRAHMANA Jl. Guntur 11 Semrang. T:8312816. mandi gratis, dog cat food, antar/jemput.penitipan, rawat inap,pet shop,sedia anakan PIT BULL.

0359/IKL/X (13/9)

BUTUH UANG/BPR

LAIN-LAIN DIJUAL BAHAN 085866236200/Anik

PIN

MOBIL DICARI hubungi

0345/IKL/X (07/9)

JUAL 2 buah Etalasi Alumunium+Siku Tataan. P=2M. L=0,5M. Hub:70022468

0322/IKL/IX (12/9)

BYK NYAMUK DI RMH? kami punya solusinya tanpa bahan kimia. sudah terbukti! telp 024-91135615 0304/IKL/IX (09/9)

SERING LOYO, DIABETES, SERING SAKIT? Minum Madu Klanceng Liar asli dari Gng. Muria, rutin tiap hari 1 minggu pulih (DIJAMIN). Pesan hub/SMS Bpk. Budi 087833665666 pesan diantar 0298/IKL/IX (08/9)

TRM KNSULTASI segala macam mslh, pengobatan, pengisian bdn/brg, Angka Jitu dll. Hub: Suhu Edy 08157619771.

0286/IKL/IX (07/9)

3JT PAKET PERKAWINAN, Rias pengantin lengkap solo putri/paes ageng/modifiksi dll + dekor gebyok+foto dgtl+pranotocoro, hub. 024-70427892 BUTUH DANA CPT. ckp jaminan BPKB motor th 2000, tnp potongan adm, jamin asuransi, 2 jam cair. 70381100/Inung

0287/IKL/IX (07/9)

0351/IKL/X (10/9)

BU DIJUAL outlet gerobak kebab turki lengkap freser, burner & alat masak hrg 23jt. hub. 083838199553

0335/IKL/X (01/9)

VALENTINO MAGIC SHOP, menyediakan alat-alat sulap, sekolah sulap. T.085727512345

BUTUH UANG CEPAT jaminan BPKB 2/4 SHM/HGB, mudah paling cepat. Hub. Donny (024)70049349 CC/KTA bermasalah? usaha bangkrut? diPHK? mau bayar sesuai kemampuan/ tidak bayar lagi? 02470283647

0303/IKL/IX (09/9)

BU CPT langsung cair bawah mtr roda 2.4 yg masih kridit bisa dijaminkan hub: 024-70294977/ 024-8313941. Fauzi. 0263/IKL/IX (07/9)

BUTUH UANG CEPAT jaminan BPKB 2/4 bisa, SHM/HGB mudah, proses cepat Koperasi DU Candra 70197110 0261/IKL/IX (05/9)

BUTUH DANA CEPAT BPKB roda 2/4 masih dileasing bisa cair tanpa survey. bisa takeover. 02433058053 0250/IKL/IX (04/9)

BUTUH UANG jaminan BPKB Rd 2/4 masih dileasing bisa cair, bisa takeover tanpa survey pasti cair. Hubungi 02433205625 (Fisa) 0228/IKL/VIII (31/9)

KEHILANGAN BPKB No.32984821 SupraX110’02 H2287HP a/n Handayani jl.indragiri 1/5 Smg tmr. Hub.08112711803

0357/IKL/X (13/9)

BPKB No.00500781 shogun125’06 H2699AA a/n Andi Mirwan,gebang anom smg tmr.Hub.08112711803

0356/IKL/X (13/9)

KERJASAMA ANDA LAGI TERSANDUNG Kasus Kredit Macet/Sengketa Warisan/ Hutang-Piutang, Kami Siap Bantu Tuntaskan. Talangan Dana. Hub: Maju Mapan Co. Di: 083250335758 0293/IKL/IX (07/9)

KOMPUTER SURYA T.3521088. Jual PC intel P4 murah. P4 2ghz/256/40/CDR=775rb P4 3.2ghz/512/40/DVD Combo=1,350 0348/IKL/X (09/9)

ORKA T.70686854. Ruko Mataram Plaza. D.Core/1G/80/DVD/Mon15=2.1jt. E5300/ASUS=2050 NB Intel NEW=2,9 0312/IKL/IX (10/9)

SERVIS TELEPONE PABX LAPTOP, computer Hubungi WIJAYA TEKNIK Jl. Bugangan Raya No.9 S mrg,Bugangan II No.271 tlp/fax (024) 3585815,081577 26436,70150501(Hari) 0246/IKL/IX (03/9)

0243/IKL/IX (02/9)

0226/IKL/VIII (29/9)

LOWONGAN DIBUTUHKAN sgr SALES. kendrn sndri. lmrn ke Jl.Parang Kembang2No.20Smg 0378/IKL/X (31/9)

BUTUH Security,Pria-mx35th,TB-min166 cm,SLTA/sdrjt Wil.Smg&Jkt. PT.SPM,Jl. Candi IntanV/1134 Pasadena Krpyk Smg

0375/IKL/X (28/9

PT NSC FINANCE DANA TUNAI, butuh marketing minimal SMA/SMK, fasilitas: intensif & bonus. lamaran: Jl. Cendrawasih 4 Semarang Up.Eri/Inung

0350/IKL/X (10/9)

DICARI TUKANG PAYET khusus kebaya domisili Banyumanik dan sekitarnya, hub: 024-70427892

0323/IKL/IX (14/9)

SWISS REST cpt brgkt gj 19jt, bs ptg gj hbg bpk Latif ds Singkalan Balongbendo Sidoarjo 031-81830682.

0276/IKL/IX (07/9)

KOST PUTRI Cuma 100rb/bln bawah STIKUBANK Jl.Kendeng 2B/14A, Sampangan. Hubungi: Setiadhi 70447170 0297/IKL/IX (08/9)

0140/IKL/VIII (21/9)

MOBIL DIJUAL DIJUAL BUTUH UANG: Corolla DX 82 Rpm Full audio AC Paleg Racing.19,5jt. Hub. bp Doni T.70650627

0320/IKL/IX (12/9)

P.GRAND ROYAL th’98 orisinil 90% istimewa. hub:081805962315 0295/IKL/IX (08/9)

DIJUAL BU, BMW 5201, 90, Hijau Metalik, JokKulit, Audio, Kaki2 baru (4shockbecker + ban + kampasrem + baljoint), Irit BBM 1:11km, Aki baru, Kampas Kopling+Matahari Baru, Pajak H Baru,body+mesin istimewa, tgl pake 36jt nego.serius hub:70164701. 0296/IKL/IX (08/9)

MOBIL DICARI MOBIL ANDA mau dijual dengan harga tinggi hubungi: 024-50103360. pasti dibeli cash.

0258/IKL/IX (05/9)

JUAL CEPAT Selo Mulyo Mukti Barat VIII Wolter Monginsidi Lt 130 full bangunan 4 KT 2 KM Hub. 33128812

JUAL MURAH Tanah Mulawarman II Lt 300 (12x25) HM Hadap utara hub.33128812

MENDESAK Durian Selatan I/4 Lt 217 Lb 200 dekat tol, Rumah Sakit, Sekolah HUB. 33128812

DIJUAL CPT TANAH, HM Uk.12 X21. JlSelekor, 5kav. unnes ke selatan. seblh Fastabic English. Hub 08157706557

KEPEPET JUAL CEPAT Tanah Bukit Putri Bukit Sari HM Hook good view 33128812

JUAL MURAH Tanah Mulawarman II Lt 300 (12x25) HM Hadap utara, Hub. 33128812

JUAL RUMAH, HM di tengah kota Lt/ Lb. 750/350, 4KT, 2KM, garasi 5 mobil, 690jt. T.08122871112

JUAL TANAH Kavling HM. cash/kredit. lokasi: Widuri II Bangetayu Kulon. ±5 menit dari Tlogosari. T:08882570544/ 024-0449906

JUAL ZEBRA master 07 pu, grand max 1.5 pu 08, Volvo 94 putih antic, Volvo 97 hitam, Blazer DOHC LT’ 97. Hub.08122871112 0205/IKL/VIII (28/9)

BU ESPASS ‘2004, 2004 PlatH (BIRU) F.VAR, sangat Istimewa :081328254557 0203/IKL/VIII (28/9)

DI JUAL MOBIL KUDA super exceed bensin (B),Istimewa, 82,5jt.T.70077408 0202/IKL/VIII (28/9)

DIJUAL New Picanto, Pregio, Travel LO, DP 15jtan Angsuran 2jtan. Hub, 024-70983895 0193/IKL/VIII (27/9)

JUAL great Corolla 93 sangat istimewa, buktikan! hub 70022468 0194/IKL/VIII (27/9)

DIJUAL TAFT hunter cavas 4x4 army green. AC/TP/PS ban extragrift. siap offroad/berburu. 35jt nego. hub 08122594522 0195/IKL/VIII (27/9)

DIJUAL TAFT bensin 78 irit BBM 1:12km. body+mesin bagus, siap pakai. 16jt. hub. 08122594522 0196/IKL/VIII (27/9)

TAFT GT85 (4X4) biru, plat G,Pjk Baru, AC,Full Audio,Vr, ban 235, istw antic, 40jt nego. tlp.024-70316800 0164/IKL/VIII (25/9)

MOBIL DISEWA

0363/IKL/X (14/9)

0272/IKL/IX (07/9)

0273/IKL/IX (07/9)

SEWA MOBIL APV Arena 08 untuk paket lebaran 1 minggu, perhari 500 rb+driver. Hub. 024-70247222 0236/IKL/IX (01/9)

MOBIL VARIASI DIJUAL BAN MOBIL second Scorpion Zero Pirelli (4buah) R17,255/60&velg (exce) 5 buah.15jt.david:08122858905

0346/IKL/X (07/9)

DISCOUNT SALON MOBIL hilangkan noda jamur dll, hanya 375rb, siap ke anda. 70081662

0305/IKL/IX (09/9)

MOTOR DIJUAL

0294/IKL/IX (07/9)

0291/IKL/IX (07/9)

OPTIK

DIJUAL D.FEROZA SE’95 (H) Istimwa, 024-70072500 BU CEPAT New Kijang LGX DSL’03 pol H biru tua 126jt nego.70230009. 0264/IKL/IX (07/9)

BU SUZUKI ESCUDO ’94 pol H hijau 66jt.0816665793.

0265/IKL/IX (07/9)

BU TOYOTA SOLUNA GLI’00 pol H silver 100% ori vr16.hub:70135793. 0266/IKL/IX (07/9)

BU HYUNDAI ATOS GLS 2002 hitam ori pol H 66jt.70230009.

0267/IKL/IX (07/9)

JUAL KIJANG LGX 1.8 bensin tahun 2000 awal silver istimewa/tukar tambah dengan LGX 1.8 bensin thn 2001 silver

DICARI bnyk Salesman/salesgirl, TO, Produk kompor system kridit kolektif, gampang, income gede. hubungi: 02491393130

BU JUAL RMH SHM 2LT.LT:446M2 LB: 800M2. 4kt, 5km,1dapur, garasi luas, tmn luas, ltrk 3500watt, air sumur melimpah. 1M(nego). Sendang Elok Banyumanik. T: 024-8442037/08889120847

KREDIT HONDA REVO. DP 100, BEAT 900, VARIO 1.3jt, SUPRA X 1jt. Hub: 02470144020

DIJUAL GranMax’ 2007, (H) silver dr.baru, nego. hub:70907248

JANGAN BERGABUNG DENGAN KAMI JIKA ANDA BUKAN, usia maks 25th, single, supel, dnms, prgrsf, brsdia aktfts luar kota dan ada kndaraan. Bawa CV Ke Sanggar Boneka sebuah Event Orgnzr brgrk di dunia anak2. jl.Ketileng Indah Raya H-8 Smrg 50272 (024)6706359, 081539985000, 08994160160, 08985208771

0233/IKL/VIII (31/9)

GRATIS PANDUAN Jadi Juru Sembuh dengan Herbal dan Mindtherapy. hub: 024-70176791

0221/IKL/VIII (29/9)

0321/IKL/IX (12/9)

NEW AVANZA, E DP.15.828.000, ongs 3.614.000, G DP. 17.220.000, ongs 3.950.000, Innova Disc 2,5jt, (Yaris disc 10jt bunga 0%) HUB. 02470347818/085640895452

SUZUKI MOBIL DISINI PUSATNYA, bunga +DP rendah, discount special. ADHI CHAN-08562693430/7044 7170

0239/IKL/IX (01/9)

TANAH DIJUAL JUAL MURAH Tanah Mulawarman II Lt 300 (15x20) jalan lebar dekat akses tol 33128812

TAUFIQ RC Xenia Avanza bisa setir sdr.024-70244165/081325764929

GRIT COROLLA 92(H) Ful Audio. Ban baru, sangat istimewa. Hub:70022468

SEGERA DICARI SALES gaji 1,5-10jt pu jaminan dana minim 750rb. hub: 08157619771.

JOB BRUNAI: konstruksi, bengkel mobil, teknisi AC, dll. Job Malaysia: playwood, peternakan, dll. L/P, proses cepat&resmi.Hub:70988399

RUMAH DIJUAL JUAL RUMAH Klipang Golf View J40 Lt 90/Lb 90 bangunan baru jalan lebar 3KT, 1KM, 2Lt Hub.33128812

RENTAL MOBIL Murah/Kondisi Bagus. Hub: 70100956/ 08122845423

100% NEW APV DP17jt Swift DP23jt X-over DP27jt. hub:70741779

0279/IKL/IX (07/9)

RUMAH DIJUAL JL RMH Perum Gardenia B4/19 LT:161, KT 3,KP 1, KMd 3, AC 3, air pemanas 1, Telp, 3500watt. hub:08122869364.

0324/IKL/IX (14/9)

KIJANG.Spr.Nas.89/90 istw blkg BRI Jangli I/69A Semarang.02470433907.

PERAWAT ANAK ELITE 1,6jt/bln. didik & salurkan wnt 18-30th lulus SMPD3. (B.sitter pindahan, akper, asper). Ada mess+mkn. Hub: SUPER NANNY ACADEMY Jl.Pasir Mas I/114 Smrg. 024-70206009,3561196.

0278/IKL/IX (07/9)

PELUANG USAHA MAU PUNYA USAHA cuci helm?modal cukup 4,5jt langsung buka. Hub:Listyo 085227104750

0326/IKL/IX (15/9)

SIAP MUDIK: Sedan Daewoo espero PS PW 18jt.Hub:08179566081

APV GL DP 16.5jt angsuran 4.1jt GX DP 18jt angsuran 4.5jt PU DP 9jt angsuran 2.4jt. hub: 081325228118

0277/IKL/IX (07/9)

MOBIL DIJUAL JUAL KIJANG SPR G 1.895 var grand ext merah mtl spt baru 72jt. jl.laut 16D Kendal 300M dari alun2 T:088802579026 (No SMS)

SEMARANG TRANS Rent a Car. Innova, Kijang LGX, Avanza, Xenia. melayani dalam&luar kota dengan driver /12 jam Rp.275rb.T:02470387174

0330/IKL/IX (19/9)

LOW KER RESMI Australia Prwt,Dok, Hotl,Pbrk,Kbun,Sopir,Resto gj 20-40jt/ bln pot gaji.hub:0248316953.

0198/IKL/VIII (27/9)

KOS

MOBIL anda saya beli dg harga tinggi dari yg lain, datang ke rumah, mobil anda pasti di beli. hub:024-50103360, 08882452376

0268/IKL/IX (07/9)

0269/IKL/IX (07/9)

SUZUKI PROMO RAMADHAN. dapatkan discount istimewa all type. Dani-7039 3826. 0270/IKL/IX (07/9)

0271/IKL/IX (07/9)

0251/IKL/IX (04/9)

MULUS2, s.pake: Kijang Spr 90FV (38) Espas96 sldg,1,3, FV(34) CaryStn84(12) CorolaDX80 (18) 08562735757 0249/IKL/IX (03/9)

JUAL KIJANG SPR 94 Rover AC TP VR PS ISTW siap pakai. hub:02470384323

0227/IKL/VIII (29/9)

SSANGYONG Diesel MT 02 mesin mercy kondisi baik 90jt nego. T. 02470186898

0217/IKL/VIII (29/9)

FORD HURICANE 4x4 MT Silver 02-03 140jt nego. T.0818246898

0218/IKL/VIII (29/9)

DAIHATSU CLASSY th’93 warna merah maron a/n sendiri full Variasi, barang bagus. Hub.081325855812 0219/IKL/VIII (29/9)

KIJANG LGX 1,8 2000 silver bensin pas 110jt. T.08156601120 0220/IKL/VIII (29/9)

RABU 4 November 2009

0244/IKL/IX (03/9)

OPTIK, Terima KIR mata gratis siap dipanggil harga mulai Rp.150rb komplit frame+lensa.hub 76672288 Cinta Optik

0344/IKL/X (06/9)

PELUANG USAHA BINGUNG BUKA USAHA?buka konter HP aja.Gampang&cukup dgn modal min100rb sj anda bs memulai.Hub:024-70051168. 0385/IKL/XI (04/9)

PENSIUN KAYA LEBIH CEPAT. Gabung langsung pasif income.H:08164880619/ 02470229284.http://www.kartupulsa.com/ ?ref=2461410753&P=2 0382/IKL/XI (02/9)

GABUNG Paket SM/GM langsung Passive Income di Bank Pulsa. Heri:02470305950 0371/IKL/X (27/9)

5jt/bln dgn mnjd agen herbal,cukup 75rb grnsi uang 100%.phne.024-74006494 0365/IKL/X (24/9)

PERSH. INGGRIS yg mendunia lbh 160th dan diprediksikan akan ttp exsis u/100th ke depan, menerima tabungan dg bunga tinggi&memberikan kartu kesehatan utk rawat inap, ICU,DR,dr specialis, operasi, obat dll gratis semua. Hub: Raharjo 024.70.4141.55/0813.2626.4516. konsultasi gratis

0245/IKL/IX (03/9)

0230/IKL/VIII (31/9)

LPK CINTA KELUARGA menerima pelatihan Baby Sitter&perawat lansia. Tanpa uang muka.Hub:7619453

0231/IKL/VIII (31/9)

PENDIDIKAN PUTRA-PUTRI Anda Butuh Bimbingan Belajar? Biaya Terjangkau Jaminan Guru Profesional. Privat/ Group/ Klasikal. kampus SE_center: Jl.Ketileng Indah Raya H-8 Semarang. T:0246706359/02470992028.

0309/IKL/IX (09/9)

PENGOBATAN NEW EXCLUSIVE MASSAGE COMPLETE Call Viona: 085225606281 (pijat panggilan di hotel) 0384/IKL/XI (03/9)

TELAT bln amn cpt akrt (awas wnt hamil) T.024-3543811,085865191016 (no sms)

0366/IKL/X (24/9)

PIJAT REFLEKSI SHIZUKA, reflectoin message & aroma therapy relaxing, Javasupermall lt.3, Jl.MT.Haryono 992-994, T.(024)70200768/ jl. Soekarno Hatta 12 Tlogosari, T.33174331 0327/IKL/IX (15/9)

PIJAT CAPEK2/Reflexi. Bisa dipanggil. Biaya Sukarela. Hub: 081805943958 (Wibisono)

0312/IKL/IX (10/9)

PERCETAKAN GRAHA MAKMUR OFFSET terima lemparan cetak fuji 58 dan ryobi 500 K. murah, cepat, bagus. hub: 02470255498

0316/IKL/IX (11/9)

RUKO DIJUAL JUAL CEPAT toko/kios pasar johar atas cck utk grosir&eceran.T:081325186524

0369/IKL/X (27/9)

DIJUAL 2 KIOS,60jt.hub.08132644578

0182/IKL/VIII (27/9)

DI JUAL Rumah Toko. HM, LT165m2 dekat pasar, Galar 1 no.1 Tlogosari, hub. 024-70022468 0183/IKL/VIII (27/9)

JUAL RUKO Widoharjo Raya 2Lt, HM, Fasilitas lengkap. hub 70545497/ 081225756757

0184/IKL/VIII (27/9)

JUAL RUKO GAJAH 2Lt HM. hub 91140024 / 081225756757

0185/IKL/VIII (27/9)

JUAL RUKO FATMAWATI HM, fasilitas lengkap. hub 91140024

0186/IKL/VIII (27/9)

JUAL RUKO KEDUNGMUNDU 2Lt, HM. Hub 91140024

0187/IKL/VIII (27/9)

DIJUAL RUKO gandeng satu lantai lokasi strategis jalur utama pintu masuk rame banget BSB Jatisari Blok A No.8-9. Hub.081575011776 NEGO!

0343/IKL/X (06/9)

RUKO/KIOS DISEWA DIKONTRAKKAN:tmpt usaha L.200m , strategis dekat pasar, pabrik, dan pemberhentian bus. cocok u/ rumah makan, mini market, dll. Hub:08564 1197109 0368/IKL/X (27/9)

OPER KONTRAK, Toko ukr 3x4 pasar Gayamsari hadap jalan raya Majapahit 12.5jt/20bln.Hub.70600969

0341/IKL/X (05/9)

SEWA RUKO 2 1/2 Lantai Thamrin 49 Siap Pakai Cocok Untuk Bank, Kantor, Bangunan Baru 33128812 0212/IKL/VIII (29/9)

SEWAKAN CEPAT Ruko 3 Lt Bangunan baru, Strategis, Perempatan Cipto-Kartini. Tinggal 3 Unit 33128812

0213/IKL/VIII (29/9)

RUMAH DIJUAL

PERUMAHAN, KPR bln oktober hanya 9,9% fixed 1 th+subsidi bunga 2% slma 1th. Hanya di Perum Griya Lestari. Hub. Uun 8662722 / 08157776695

0349/IKL/X (09/9)

DIJUAL RUMAH, Type 21 SHM Full renovasi baru 115jt, telepon, listrik 1300, Graha Mukti Utama.Hub.70600969

0342/IKL/X (05/9)

RUMAH BARU 100%, LT 176m, LB 81m, 2KT, carport, dekat jalan tol, pasar, Bank2, swalayan.70709666.

MAU JADI LEADER. www.thewinner2u. com. Cermati mar-keting plannya,anyar sgra ambl pss.hub.Budi 081325926201

DIJUAL cepat Rumah HM L.100m2 full bangunan 2 rmh di Lebdosari X/1 RT03/ 06 Kalibanteng Kulon.175jt/nego.Hub: 024-70012544/085664040800(Ibu Alip)

www.clubwira.com MLM PULSA: Pulsa Murah-Bonus Gede Hub: 02470406667 /081225603832

JUAL RUMAH HM, letak strategis, LT146, fasilitas lengkap. Jl Citarum Tengah IV/1. Hub:081 9144 92142

0379/IKL/X (31/9)

0376/IKL/X (29/9)

0211/IKL/VIII (29/9)

0204/IKL/VIII (28/9)

DIJUAL RUMAH type 36 murah nyaman untuk istirahat. hub. 081914227206

0176/IKL/VIII (27/9)

JUAL RUMAH, HM, Karang Rejo Lt.466/Lb.215. hub 70545497 0177/IKL/VIII (27/9)

JUAL RUMAH KOST2AN, HM, Karang Rejo. hubungi 70545497 0178/IKL/VIII (27/9)

JUAL RUMAH luas 125m2 di Jl. Diponegoro, depan gedung DPRD & sebelah RSUD Ungaran, RP.370jt. nego. HUB. 08157774564, 70631348

BU.RUMAH HM,Lt/Lb:126/70. Kkn Mukti, 90W/PAM.hub: 081325221158.TP JUAL RUMAH BU RUMAH MEWAH 8KT, 7KM. 1,5M. Jl.Unta II/81 Semarang. T:081390884342/024-6722092.

DIJUAL RMH HM 162m2 di Jatingaleh II, fas: listrik 1300W, PAM, Tlp. 230jt (nego). hub: 08157944838.

DIJUAL RUMAH SHM 85jt BSB Jatisari Indah B5/7, Lt 72 m2, Telepon.Pam.Listrik 1300. Hub: 70118373/081325228118

RAHARJA PROPERTIES, 8318512, 08157747995. Jual rumah, tanah, gudang Jl. Ry Majapahit, Wolter Mnginsidi, Soekarno Hatta, Kedung Mundu.

0331/IKL/IX (28/9)

0329/IKL/IX (18/9)

JUAL RMH BU Jl.Unta 2/81 Semarang. LT+400m2, 8KM, 7Kmr Mandi, Rp.1,6 Nego. T:081390884342/024-6722092. 0325/IKL/IX (14/9)

DIJUAL CEPAT, BU, TP di BSB Graha Taman Bunga Lt 128m2 3kt, 1km, 1Gudang full bangunan, harga nego 024-70373544 0319/IKL/IX (12/9)

JUAL CEPAT RUMAH C. Penataran Selatan 2, LT 220m LB 100m, fasilitas komplit, 215nego. hub: 024-91099116

0314/IKL/IX (11/9)

0126/IKL/VIII (20/9)

0127/IKL/VIII (20/9)

JUAL Rumah, Lokasi Taman Pondok SIGADE No.21,Type 27, L:82m2, 85jt.T: 081575924777/08174184434

0118/IKL/VIII (19/9)

JUAL RUMAH, Ngesrep Timur IV/2, LT: 600m2, LB:500m2, lantai 1, 9 kmr, 4M (nego). T:081575924777/08174184434 0119/IKL/VIII (19/9)

DIJUAL CEPAT rumah jl. Sindoro V/24 Bandarjo Ungaran. HM, Lt 70m2 full bangunan. T:085741911188(bu prima). 0109/IKL/VIII (17/9)

JUAL RUMAH TP Pudak Payung P4A Jl. Srimpi Raya B48 pinggir jln nyaman. hub:70081662

0354/IKL/X (12/9)

0310/IKL/IX (09/9)

RMH DIJUAL Jl. Sindoro II/66 Ungaran. LT 157m2, 250jt bisa nego. TLP, PAM, LISTRIK. hub:085936185300.

0280/IKL/IX (07/9)

RUMAH TOKO HM L.165m2. dekat pasar Jl.Galar I/1 Tlogosari.70022468.

0281/IKL/IX (07/9)

DIJUAL CEPAT Rumah full renovasi D22/19 Plamongan Indah 130jt nego hub:6746718/081325734687

0282/IKL/IX (07/9)

JUAL SEGERA RUMAH HAK MILIK Kenconowungu 081326073720 0283/IKL/IX (07/9)

ASSOCIATE 8506710. Jual beli sewa properti. Semeru 1A Semarang.

0284/IKL/IX (07/9)

RUMAH BARU t.42/80 perum Tanjungsari 7. belakang tk. sang timur. hub. 088803969727

DIJUAL RUKO 2lt SHM, LT.137m2 Jl. Peres 153 Semarang. hubungi: 02470159350/08157711847 0255/IKL/IX (05/9)

BU JUAL RUMAH, HGB Perum Kaliwungu Indah B XI No.4. Kaliwungu Kendal Rp.55jt nego hub. 024-3517701

0206/IKL/VIII (29/9)

SIAPA CEPAT DAPAT RUMAH NOGOSOSRO RAYA Lt 273 2Lt SIAP PAKAI 33128812 0207/IKL/VIII (29/9)

0174/IKL/VIII (27/9)

0175/IKL/VIII (27/9)

0112/IKL/VIII (17/9)

DIJUAL TANAH HM, a/n Abdulrohman, L:7284m2’, lokasi jl Purwodadi-Solo KM 5 Krangganharjo toroh PWD, strategis, lebar muka 40m, 1,4 M(nego).T:08586 6704586(soegiono),086641394654(an dik sismanto) 0113/IKL/VIII (17/9)

TELEPON

0181/IKL/VIII (27/9)

DIKONTRAKKAN RMH Jl.Klentengsari I/27 Tembalang HUB:08112721579

DIJUAL RMH SHM 85jt BSB Jatisari Indah B5/7, LT.72m2, telepon, PAM, listrik 1300. Hub: 081325228118.

0201/IKL/VIII (28/9)

0180/IKL/VIII (27/9)

JUAL RMH HM, L:65m, 2kt, km, dpr, R.TV, T.tamu, teras, R.cuci. Fas:tendon air, AC, LIST 1300, pagar besi tempa uk 2.5m. lokasi strategis depan Ruko Pandanaran Hills Sambiroto. 88jt. T: 522487/02491007657. 0315/IKL/IX (11/9)

0216/IKL/VIII (29/9)

0179/IKL/VIII (27/9)

MENDESAK Rumah Jangli dalam Fasilitas Lengkap Siap pakai View suasana tenang, hub. 33128812

0254/IKL/IX (05/9)

0381/IKL/XI (02/9)

0210/IKL/VIII (29/9)

0334/IKL/X (01/9)

JUAL RUMAH HM pucanggading L 60m2 2KT Full bangunan komplit 49jt& T21 19jt nego. Hub.70071747/085225174718

0257/IKL/IX (05/9)

JUAL RUMAH Siap pakai 2LT HM L:75m2 Jl.Ciliwung Smrg Hub:024-70520014

0209/IKL/VIII (29/9)

JUAL CEPAT gudang siap pakai LIK X Lt 240 full bangunan 16.500 VA hub. 33128812

JUAL RUMAH Pekunden Timur 15, LT.273, pusat kota, sangat strategis, cocok untuk usaha/RT. T:8318509

JOIN di koperasi dpt SHU, mau? ayo majukan koperasi. www.nuari-business. com?id=good_lucky

0208/IKL/VIII (29/9)

0336/IKL/X (02/9)

SEGERA BU, Rumah HM di Perum Genuk Indah. T70 (LT240m. LB165m) jln. padi utara VIII Blok K-210. Harga.250jt nego. Bangunan baru bebas banjir. Hub.0816654275/ 024-70182955

0307/IKL/IX (09/9)

0256/IKL/IX (05/9)

DIJUAL RUMAH Tlogosari LT90, LB80 Pam, Tlp, PLN 900W, 3KT 1KM 1WC R.Makan R.Tamu, teras, pagar rumah tinggi, 150jt nego.Hub 081567782708

0285/IKL/IX (07/9)

GABUNG Air OXY online,spillover,bonus sama.www.my-oxy.com? id=good_luky

0289/IKL/IX (07/9)

0358/IKL/X (13/9)

0299/IKL/IX (08/9)

2

0337/IKL/X (03/9)

0288/IKL/IX (07/9)

0360/IKL/X (14/9)

JL TMPT USAHA,50m dr psr Ungran. LT/ LB150/100m.faslgkp.H:081318050979

0332/IKL/IX (28/9)

0347/IKL/X (08/9)

0308/IKL/IX (09/9)

0364/IKL/X (15/9)

JUAL RMH TOKO. HM LT165M2.bngunn baru dkt pasar, cck u/ tmpt usaha. Jl Galar I No.1 Tlogosari.T:70022468

0353/IKL/X (10/9)

SEMINAR GRATIS: Rahasia menaikkan Income s/d 10-20jt/bln dlm waktu 10bln. info/sms ke 70285577 / 0818295577

MAU PASIF INCOME? Bkn MLM gk prlu cr DL!www.kartupulsa.com aktivasi 4930048122 hub.agus 081802474271

0374/IKL/X (28/9)

RUMAH DIKONTRAKKAN

0383/IKL/XI (03/9)

RUMAH Jl.Bukit Cengkeh No.17 Bukit Sari. 5KT,2KM, 3KK, List,Tlp,Pam,Smur. Hub: 8312647-081326302747

SALON “SALINDRI” 3jt paket perkawinan lengkap, rias pngatin, solo putri/ paes ageng / modifikasi dll + dekorasi plaminan+pronoto coro, hub:70427892

0317/IKL/IX (11/9)

3JT PAKET PERKAWINAN Lengkap, Rias Pengantin+Dekorasi pelaminan+ Foto + MC, Hub:70427892

0260/IKL/IX (05/9)

SHOOTING/PHOTO AD/MSPromo,Foto+VideoShooting+ Bns575rb. Hasil OK.Tmn Kendalisodo 8A Semarang.70157212/8446391/0816 4240503. sewakan proyektor 2000Lmn -Screen-Laptop.

0274/IKL/IX (07/9)

TANAH DIJUAL JUAL TANAH Kav L.130.313.403m2. jl bulusan 4 blk polsek tembalang, jln msk paving. Hub:081355568888

0370/IKL/X (27/9)

JUAL TANAH 2000M2 UNNES Sekaran, Hub.03172191287/087851620578. Edy

Jual HP B_berry,Nokia dan iPhone sgl tipe Hrg 2jt-4jt/unit u/ pesan 2unit hrg bs nego u/ info Hub: Niko(081241440567) Jl.Pahlawan 0377/IKL/X (30/9)

JUAL Sony Ericson X1 Xperia 3,2jt & segala tipe NOKIA E90, N97 3,4 jt & Black Berry Strom 3jt/Bold 3,2/Javelin 2,2jt &I phone 3G 16GB 4,2jt.GARANSI. Hub:081353534689 0372/IKL/X (27/9)

7610xg (785) hp tv 20n+512 (575) 3200 (350) 2116 (250) 1255(235) 1325(325) 8250(200) T.0247034830. 0318/IKL/IX (11/9)

PHEGASUS SELL. Jl. Gajah Raya 104. Dibeli HP. HARGA PUOOL. Telp/Sms: 02470262712/085740641010 0313/IKL/IX (10/9)

PULSA MURAH. All operator, dapat bonus, mau? Trx cepat. www.tio-cell. com/?ref=667 0311/IKL/IX (09/9)

CARI AGEN PULSA Termurah, Bisa Partime/Full Time, Datang Langsung ke PT. MDC, gdg JDC lt.3, jl.Imam Bonjol 156-160, hub:Djoko. R/085727679472, setiap hari.

0275/IKL/IX (07/9)

KALAU MAU jual/beli HP baru/2nd silahkan ke TRICELL, Jl.Tlogosari Raya I/68 G1. open:09.00-21.00 0229/IKL/VIII (31/9)

PROMO Agustus/September Bat BL- d3, b2, C2, 6C, 4C, 5D Rp.6750,INTIJAYA ACC Plasa Simpanglima Lt.2 No.3 Semarang (024) 8456388

0223/IKL/VIII (29/9)

JUAL BELI HP BEKAS bergaransi PERMATA SELL Plasa Simpanglima Lt.dasar 024-70737778

0224/IKL/VIII (29/9)

BINTANG TERANG PHONE SHOP Matahari Plasa Simpanglima Semarang. T.024-70182800/0081225519697, Jophie 0816653676

0225/IKL/VIII (29/9)

DIBELI HP/CDMA moe tiap hari harga mantab!! 70105590/08574022557 0292/IKL/IX (07/9)

BELI HP.......harga ma’nyus.......T/sms: 70155222/0818458045

0241/IKL/IX (01/9)

0367/IKL/X (26/9)

HpNEW Nokia 1202 250, 1661 330, 1208/1209 208, 2600/2330 600, 5030 390.minim 2 unit. H: 085640006003

0362/IKL/X (14/9)

AMMARA, Ulin selatan 2/66 T.70437789. E65RedHF Ori+1Gb(1),7 610istw(735),6630+64 Mls (685) X969 /smart(235/75)

JUAL TANAH kebon salak berbuah di Ambarawa.1Ha,400jt. truk bisa masuk. T: 081318050979 KAV. Jl.Blimbing Ry Bymnk LT±300M2 (HGB)rcnaJln6M.TP: 0813291555776.

0355/IKL/X (12/9)

TANAH DIJUAL, L.265 m2 SHM Belakang Fak.Ekonomi Unnes Sekaran 125jt nego, lokasi strategis komplek kost2an Hub.081325859250 0340/IKL/X (05/9)

OPER KAVLING Lok. Graha Tamansari Sambiroto T36/90 UM sudah masuk 3jt cukup anda bayar 2jt.T.70437789

0238/IKL/IX (01/9)

GOOD INVEST Tanah Sambiroto Lt 670 Hm Ld 15m dekat Jalan Raya Hub: 33128812

0214/IKL/VIII (29/9)

BU CEPAT Tanah Amposari Sambiroto Hadap Utara Lt 670 HM Hub 33128812

0215/IKL/VIII (29/9)

0252/IKL/IX (04/9)

0237/IKL/IX (01/9)

WISATA TANJUNG KODOK tour 27nov & Bali tahun baru, safari & dolphin tour dinner jimbaran 29 des-2jan. Hub:70865396

0380/IKL/X (31/9)

MAU NAIK HAJI 60jt Gratis 100%? Cukup ajak 6 org yang Mau Bayar 2,8JT Hub. 081325642485/08995593320 0290/IKL/IX (07/9)

HAJI 2010 beaya hanya Rp 2.800.000. info lengkap sms kan nama&alamat ke P.T.M.P.N 0819.0120.6462.

0247/IKL/IX (03/9)

NASIONAL

RABU 4 November 2009

Kronik

4 Penumpang Pesawat Skytruck Polisi Tewas PESAWAT jenis Skytruck milik Mabes Polri akhirnya ditemukan di Desa Kang Biki Wake. Seluruh penumpang dinyatakan tewas. Pesawat ini hilang kontak pukul 11.20 WIT, Senin 3 November 2009. Pesawat mengangkut BBM dan empat awak yakni pilot AKP Yunus, Co Pilot Ipda Benedictus, dan dua mekanik yakni Briptu Syaiful dan Briptu Kuswanto. Empat orang ini merupakan personel Direktorat Polisi Udara Mabes Polri. “Korban diinfokan semua meninggal,” kata Wakadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Sulistyo Ishak di Mabes Polri, Jakarta, kemarin. Menurut Sulis, penyebab jatuhnya pesawat karena cuaca yang buruk. “Pada saat penerbangan dari Sentani ke Puncak Jaya tiba-tiba hawa di sela-sela gunung berubah. Pada waktu-waktu tertentu memang tidak bisa diduga,” katanya. Saat ini Tim SAR sedang menuju titik jatuhnya pesawat. (viva)

Gong Perdamaian Dunia Tiba di Ambon Besok KAMIS besok, Gong Perdamaian Dunia (GPD) akan tiba di Kota Ambon. Gong ini selanjutnya akan diserahkan Menkokesra Agung Laksono kepada Gubernur Maluku Albert Karel Ralahalu, untuk ditempatkan di Monumen Perdamaian Dunia, kawasan Lapangan Merdeka, Jl Raya Pattimura Ambon. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaf, Selasa kemarin. “Kota Ambon, akan menjadi kota ke-29 sebagai salah satu kota perdamaian dunia, jika tidak ada halangan 5 November 2009 besok akan dilangsungkan GPD,” ujarnya. Ditegaskan juga, terpilihnya Maluku sebagai pusat kegiatan perdamaian dunia, pertanda bahwa kondisi Maluku saat ini benar-benar kondusif dan sangat aman bagi semua orang, baik orang Indonesia maupun manca negara. (dtc)

Staf Khusus SBY Bukan Partisan SETELAH lebih dari tiga pekan dimatangkan, barulah jajaran staf khusus Kepresidenan RI diperbaharui. Sebagian besar personelnya nanti adalah intelektual muda baru dan bukan dari kalangan partai politik. “Mereka semuanya orang profesional, PhD, masih muda dan bukan partisan,” ujar Jubir Kepresidenan Dino Patti Djalal di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa. Jumlah staf khusus Kepresidenan RI tetap sembilan orang. Menurut Dino, sebanyak enam nama baru sudah Presiden SBY setujui sebagai anggota staf khusus baru, sedangkan Heru Lelolo (staf khusus bidang otonomi daerah) dan Denny Indrayana (staf khusus bidang hukum) tidak termasuk yang akan SBY ganti. “Tinggal mencari pengganti saya, Insya Allah pekan depan sudah keluar Keppresnya,” sambung Dino. Di luar nama-nama tersebut di atas, staf khusus Kepresidenan RI yang saat ini masih bertugas adalah Sardan Marbun, Irvan Edison, Djali Jusuf dan Kurdi Musthofa. (dtc)

I nfo haji

Calhaj Asal Semarang Mulai Diberangkatkan

MALAM nanti jamaah calon haji dari Blora diberangkatkan pukul 20.00 dan pukul 01.00 dini hari. Dua kloter ini masing-masing akan tiba di Jeddah pukul 04.30 dan 09.30. keduanya akan menempati maktab di Aziziyah Zanubiyyah II dan Syisyah & Raudhah. Di sela penerbangan mereka, 375 calhaj asal Kota Semarang diberangkatkan pukul 23.00. Dijadwalkan tiba di Jeddah pukul 07.45. Maktabnya nomor 1 di wilayah Mahbas Jin & Aziziah Janubiah. (ichwan)

Jambak-Jambakan...(Sambungan dari halaman 1) Sementara lelaki seperti Dodi, justru menganggap diamnya istri sebagai kesempatan berlaku sewenangwenang. Tanpa perlawanan justru membuatnya semakin meremehkan istrinya. Maka akibatnya bisa ditebak. Dia jadi ngawur memperlakukan istri dan dua anaknya. Seringkali Dodi tak memberi uang nafkah kepada sang istri. Walau ia bekerja normal untuk mendapatkan rejeki, namun hasilnya sering dinikmati untuk kesenangan sendiri. Merokok jedhal-jedhul, jajan dengan pola wisata kuliner ke mana-mana, dan sering dolan tanpa kenal waktu. Terpaksa Ira bekerja serabutan demi menafkahi anaknya. Dia rela jadi buruh di warung makan di Pasar Bulu. Bagi Ira, keberadaan Dodi sama dengan tiadanya. Sebab jika ada di rumah Dodi sering berbuat kasar dan menyakiti hatinya. Sedangkan kalau tak pulang Dodi tak pernah memberi jatah nafkah untuk keluarga. Ira merasa tak perlu ada Dodi di sampingnya. Setiap hari ia menangis meratapi nasibnya yang dia

nilai apes. “Ya Allah, saya apes dapat suami brengsek macam itu. Jika memang tidak bersuami lebih baik bagiku, izinkanlah hamba untuk berpisah,” ratap Ira saat kecamuk batinnya didera sakit. Sesuai dengan nasihat para orang tua, Ira sudah mencoba menempuh jalur damai untuk ndandani perangai Dodi. Yaitu meminta tolong orang yang sekiranya disegani Dodi agar memberi nasehat. Namun Dodi seperti bebal. Tak berubah meski saat dinasehati seperti telah mendengarkan seksama. Seketika usai “dikhotbahi” pakde maupun mertuanya, Dodi tampak santun dan lembut. Tetapi begitu berganti hari, wataknya kembali. Kasar dan suka menyabetkan tangan. Hingga akhirnya, Ira tak tahan menahan derita. Pergilah dia ke PA untuk mendaftarkan gugatan cerai. Dia minta hakim segera memutus saja tanpa urusan perdata. Begitulah, di sidang pertamanya, kemarin, Ira terlibat jambak-jambakan dengan Dodi, yang menolak cerai. (ichwan)

HARIAN SEMARANG

11

Nama yang Disebut Harus Diusut  Rekaman Kasus Kriminalisasi KPK

KETUA DPR Marzuki Alie meminta, siapa pun yang disebut dalam rekaman percakapan hasil penyadapan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan diperdengarkan di Mahkamah Konstitusi (MK) harus diusut tuntas. “Dengan transparansi itu, masyarakat menjadi paham dan tidak bingung dalam menyikapi kasus tersebut,” kata Marzuki Alie di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin.

M

enurut Ketua DPR, aparat penegak hukum harus transparan dalam memberikan informasi kepada publik dalam menangani kasus dua pimpinan KPK nonaktif, Chandra Hamzah dan Bibit Samad Riyanto. Aparat penegak hukum,

ujarnya, harus bekerja profesional sehingga mereka-mereka yang memang bersalah, termasuk polisi, harus ditindak. Marzuki mengatakan bahwa sejumlah nama yang disebut-sebut dalam rekaman itu juga diminta agar disidik demi memperjelas duduk perkaranya. “Orang-orang tersebut sebaiknya dipanggil

untuk disidik. Ini supaya pembicaraan ini menjadi lebih sahih,” katanya. Dalam transkrip rekaman yang diperdengarkan di persidangan MK itu, nama-nama yang disebut itu, diantaranya, Wakil Jaksa Agung Abdul Hakim Ritonga, mantan Jamintel Wisnu Subroto, Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Susno Duadji dan mantan Wakil Kabareskrim Irjen Hadiatmoko. Namun demikian, Marzuki mengaku belum tahu bagaimana detil dari isi rekaman tersebut seperti apa. Dia mengatakan pula bahwa yang menjadi persoalan sekarang adalah terlalu banyak orang yang terlibat dalam kasus itu dan dirinya tidak paham apa arti dari itu semua. Terlalu Pagi Sementara Tim Pencari Fakta (TPF) masih harus

mempelajari dan mengkaji rekaman kasus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah mendengarkannya di Mahkamah Konstitusi (MK). Bagi TPF, masih terlalu pagi mengambil kesimpulan adanya rekayasa dalam kasus itu. “Saya kira terlalu pagi, apakah sudah konklusif nyata ada rekayasa. Itu terlalu pagi untuk ambil kesimpulan. Harus dipelajari dan dikaji terlebih dahulu,” kata Ketua TPF Adnan Buyung Nasution. Hal ini disampaikan dia usai mendengarkan rekaman KPK di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, kemarin. Menurut dia, terlalu cepat merekomendasikan untuk menonaktifkan pejabat yang disebut dalam rekaman itu. “Kalau nanti dalam pemeriksaan ternyata nanti benar-benar terlibat baru akan

diambil langkah-langkah,” ujar dia. Buyung mengatakan, banyak hal-hal menarik dalam rekaman tersebut. Dia menilai peran Anggodo Widjojo sangat sentral dan dominan dalam rekaman ini. “Banyak pejabat dari Kejaksaan, Kepolisian. Bahkan banyak nama lain yang disebut di situ. Semua itu memerlukan verifikasi. Tugas tim untuk melakukan cross check, menguji dari kebenaran rekaman itu,” kata pria berambut putih ini. Dikatakan dia, TPF memerlukan transkrip resmi rekaman itu. “Walaupun kita mengenal beberapa suara mereka, tetapi ini harus dipertanyakan apakah ini benar suara mereka. Kami mohon kesabaran masyarakat tunggu hasil kajian dari tim,” kata Buyung. (ant/dtc)

Chandra Diancam, SBY Turun Tangan

W

AKIL Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra M Hamzah terancam dihabisi di tahanan. Presiden SBY pun turun tangan memerintahkan agar Menko Polhukam Marsekal (Purn) Djoko Suyanto dan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri (BHD) menjaga keamanan Chandra maupun Bibit Samad Rianto. “Saya pernah mendengar, Presiden meminta kepada Menko Polhukam agar berkoordinasi dengan Kapolri untuk menjaga keamanan Pak Bibit dan Pak Chandra,” kata Sekretaris TPF yang juga staf ahli Presiden SBY bidang hukum, Denny Indrayana. Hal ini disampaikan Denny usai mendengarkan rekaman KPK di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa kemarin. Menurut Denny, hal itu merupakan

perintah langsung dari PreDalam rekaman itu tersiden SBY agar tidak terjadi dengar suara Anggodo, sesuatu. “Ternyata Truno terlihat Dalam rekaman yang komitmennya tinggi sama diputar di MK, disebutkan saya. Sesok Chandra dileChandra M Hamzah akan bokne ya tak pateni neng dihabisi jika telah dimasukjero.” kan ke dalam tahanan. Ancaman dalam reKuasa hukum Chandra, kaman ini membuat tim Bambang Widjojanto, meIST pengacara Bibit dan Chanminta agar Chandra ditemdra khawatir. “Kami taChandra patkan pada tempat perlinkut Chandra dihilangkan. dungan khusus atau pun dibebaskan. Kami minta Chandra dipindahkan, Bambang juga meminta Mahkamah atau dikeluarkan sekarang juga demi Konstitusi membantu merekomenda- melindungi Chandra. Chandra harus sikan perlindungan untuk Chandra. dilindungi dan ditempatkan di tempat Permintaan Bambang berkaitan yang aman. Ini sudah mengancam dengan salah satu bagian dari reka- nyawa orang,” tegas Bambang dalam man percakapan Anggodo Widjojo, sidang di MK, Jalan Medan Merdeka adik buronan korupsi Anggoro Wi- Barat, Jakarta, Selasa kemarin. djojo, dengan seseorang bahwa kalau Bambang juga menegaskan, dari seChandra masuk bui, ia akan dihabi- luruh isi percakapan Anggodo dengan si. berbagai pihak yang diperdengarkan

Korban Dijerat...

(Sambungan dari halaman 1)

Warga Tolak...

Dari rekonstruksi tersebut tergambar dengan jelas seluruh kronologi kejadian pembunuhan terencana terhadap Mohammad Yasin (30) warga Campurejo, RT 4/RW 3 Boja, Kabupaten Kendal yang dibuang di Kali Kreo, Dusun Talon Kacang, Kelurahan Kandri, Gunungpati Semarang. Kedua tersangka yang juga turut dihadirkan dalam rekonstruksi tersebut adalah Kusdiyanto alias Kawuk (27), warga Kampung Kaligetas RT 02/RW 04 Kelurahan Jatibarang, Kecamatan Mijen Semarang yang ditangkap di rumahnya oleh Tim Resmob Polres Semarang Selatan tidak lama setelah kejadian. Selain itu tersangka yang satunya lagi yang juga merupakan otak utama pembunuhan itu adalah Fajar Dedi Saputro alias Bajang (21), warga Kampung Telogo, Kelurahan Jatibarang, Mijen Semarang yang ditangkap di daerah Bekasi setelah menghilang satu bulan dari kejaran petugas. Bermula pada saat tersangka utama, Bajang, mengajak bertemu dengan korban, Muhamad Yasin, di dekat lapangan Kalimas, Kelurahan Mijen dan bermaksud mengajak korban jalan-jalan. Korban yang percaya membonceng di sepeda motor Yamaha Vega R bernopol H-2497-BW miliknya sendiri. Keduanya kemudian melaju ke arah Gang Kelapa Kelurahan Jatibarang untuk menemui tersangka kedua, Kawuk, untuk ikut serta. Di situ tanpa sepengetahuan korban, Bajang meng-

ajak Kawuk untuk menghabisi korban dengan diiming-imingi uang dari hasil penjualan sepeda motor korban. Kawuk tanpa pikir panjang langsung menyetujui ajakan Bajang. Sebelum berangkat berboncengan, Kawuk menyiapkan kabel rem motor yang diniatkan untuk menjerat korban. Berboncengan bertiga, para pelaku dan korban menuju hutan jati Podorejo Kampung Palir, wilayah Kedungpane Mijen Semarang. Di tempat itulah Kawuk yang membonceng dibelakang menjerat korban dengan kabel, untuk selanjutnya korban diseret ke tepi. Bajang yang kemudian ikut turun dari motor akhirnya juga ikut menjerat bersama Kawuk. Tidak cukup hanya menjerat, kedua tersangka juga menginjak–injak dada korban hingga beberapa tulang dada korban patah dan meninggal. Setelah meyakinkan korban sudah tidak bernyawa, kedua tersangka membawa mayat korban ke wilayah Goa Kreo. Di tempat itu kedua tersangka membawa korban ke tepi bukit di atas aliran Sungai Kreo dan membuangnya ke sungai dari atas bukit. Kedua tersangka yang juga mengambil HP dan dompet korban kemudian melarikan motor korban dan membuangnya di pinggir jalan raya dekat wilayah Jatibarang. Menurut Kasat Reskrim Polres Semarang Selatan AKP Gandung Sardjito, tujuan rekonstruksi ini adalah untuk melengkapi berkas BAP perkara. (hery)

Hingga akhirnya, pengaduan tersebut diterima para wartawan yang biasa meliput kegiatan-kegiatan di balaikota. Kepada wartawan, Budi Prasetyo, salah satu perwakilan warga RT 03/ RW 04 Pendrikan Lor mengatakan, depo sampah yang sekarang ada di wilayahnya tersebut, merupakan pindahan dari Jalan Kokrosono. Kebetulan lokasi depo sampah di Jalan Kokrosono terkena proyek normalisasi Sungai Banjir Kanal Barat. “Sekarang sudah ada dua. Rencananya, di lokasi tersebut, akan ada tiga kontainer sampah yang ditempatkan. Tapi kan ndak etis jika kontainer sampah itu ditempatkan di depan masjid dan di tengah pemukiman padat penduduk. Baunya tentu akan sangat mengganggu ibadah warga,” terangnya, Dia menambahkan, Dinas Taman dan Kebersihan Kota dinilai tidak memperhatikan aspirasi warga. Sebab, pihak kelurahan hanya melakukan sosialisasi ke para ketua RT dan RW, tetapi pada warga masyarakat tidak. Sehingga ia tidak heran, apabila ada dua kontainer sampah itu langsung ditaruh begitu saja. Warga, lanjut Budi Prasetyo, sudah mengumpulkan tanda tangan menolak adanya depo sampah. Meski demiki-

Dukung KPK...

(Sambungan dari halaman 1)

Hanityo menganggap ada skenario kriminalisasi atas ditahannya dua pimpinan nonaktif KPK, Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah oleh pihak kepolisian. “Tindakan dan pernyataan dari kepolisian membuat kami semakin yakin dengan asumsi adanya skenario kriminalisasi. Alasan yang digunakan oleh kepolisian dalam penahanan tersebut tidak berdasar,” tegasnya. Terkait dengan adanya kekhawatiran polisi bahwa kedua pimpinan nonaktif KPK akan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti, Hanityo mengatakan hal tersebut berlawanan dengan pernyataan Wakabareskrim Mabes Polri yang menyatakan Polri sudah memiliki alat bukti permulaan yang cukup. “Jika ada kekhawatiran tersebut, bukankah selama ini dua

pimpinan nonaktif KPK tersebut telah menunjukkan sikap yang kooperatif secara faktual,” katanya. Kasus ini, ungkapnya, seakan hanya untuk mengalihkan atau menyerang balik pihak-pihak yang mencoba membongkar kasus Bank Century yang diduga melibatkan sejumlah pejabat tinggi. “Oleh karena itu, kami menuntut agar Kapolri menangguhkan penahanan kedua pimpinan nonaktif KPK dan mendesak Mahkamah Konstitusi untuk turut serta membongkar kasus ini,” katanya. Selain itu, mereka juga mendesak Presiden SBY untuk memberikan dukungan secara penuh pada KPK dalam membongkar kasus Bank Century dan memasukkan dalam agenda 100 hari pemerintahan pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. (puji/tri)

Kebutuhan PNS... Sehingga Jateng masih kekurangan tenaga PNS. Hadi Prabowo mencontohkan, untuk Provinsi Jawa Tengah, formasi umum yang tersedia pada seleksi tahun ini sebanyak 178 orang, sementara pegawai yang pensiun mencapai sekitar 400 orang per tahun. “Secara total, Jawa Tengah masih kekurangan,” kata Hadi Prabowo yang juga Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini. Ia mengatakan, Provinsi Jateng pada seleksi CPNS tahun 2009 membuka lowongan sebanyak 20.029 formasi. Jumlah itu terdiri dari 1.243 formasi di tingkat provinsi dan 18.786 formasi di tingkat kabupaten/kota. Pada seleksi tahun ini, terdapat 13 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang akan menggelar seleksi secara mandiri. Ke-13 daerah tersebut meliputi Kota Semarang, Surakarta, Kabupaten Semarang, Kendal, Rembang, Pemalang, Pekalongan, Wonosobo, Ban-

dalam sidang, diketahui banyak pejabat tinggi negara yang terlibat. “Ini potensial untuk menghilangkan bukti-bukti. Ini harus diambil tindangan khusus untuk melindungi bukti-bukti itu. Ini memang bukan wewenang MK, tapi MK bisa mengepush pihak-pihak terkait,” kata Bambang. Soal permintaan Bambang ini, Ketua MK Machfud MD menilai tidak perlu melakukan hal itu. Selain di luar wewenangnya, ia juga yakin polisi sudah mendengar isi rekaman. “Walaupun polisi tak datang secara resmi, saya yakin rekaman tadi dipantau. Saya juga yakin di sini banyak intelintelnya, bahwa dalam isi rekaman tadi terbuka sekali ancaman bahwa kalau Chandra masuk, maka akan dipateni,” kata Machfud. “Soal pengamanan barang-barang itu juga proses yang bisa dilakukan di luar MK,” kata dia. (ant/viva/dtc)

(Sambungan dari halaman 1) an, warga tetap memberi solusi atas persoalan itu. Salah satu lokasi yang dipilih adalah di Jalan Ksatrian dekat GOR Hasanudin. Perwakilan warga lainnya, Wiji Abimanyu manambahkan, di lokasi tersebut, selain agak jauh dari pemukiman penduduk, juga masih banyak lahan kosong yang cukup luas. “Warga juga siap memberi uang sewa untuk lokasi kontainer sampah di Hasanudin itu,” jelas Wiji. Jika depo sampah itu tetap dibangun maka sedikitnya ada beberapa wilayah RW yang akan kena dampaknya. Di antaranya RW 4 dan RW 2 yang meliputi ratusan kepala keluarga. Sebelumnya ada tiga alternatif lokasi yang ditawarkan oleh pihak kelurahan. Pertama ada di Taman Abimanyu, lokasi gedung LPMK serta di dekat rel KA. Namun lokasi tersebut ditolak karena masih berada di kawasan pemukiman penduduk. “Lha kok sekarang malah ditaruh di depan masjid, ini kan jelas menimbulkan protes keberatan dari warga. Apalagi, pihak takmir masjid juga sudah jelas menolak.Dalam surat pernyataan penolakan ada sejumlah nama termasuk H Kardi selaku takmir Masjid Siti Fatimah. Selain itu ada juga kantor notaris, kampus Efendi Harahap dan sejumlah pengurus RT dan RW setempat. (abas)

(Sambungan dari halaman 1) jarnegara, Sukoharjo, Klaten, Sragen dan Karanganyar. “Untuk 22 daerah yang tidak menggelar seleksi mandiri, akan dikoordinasi oleh pemerintah provinsi,” kata Hadi Prabowo. Sementara untuk menjaga agar pelaksanaan seleksi penerimaan, khususnya daerah yang menggelarnya secara mandiri berlangsung transparan, akuntabel dan bebas kolusi, Sekda mengatakan, Gubernur Jateng Bibit Waluyo telah membentuk tim pemantau yang bertugas mengawasi proses seleksi. Ia juga menambahkan, pada proses penerimaan yang dilakukan secara online ini, tidak akan dibedakan antara pelamar yang melamar dengan mengirim berkas secara langsung, dan yang menggunakan cara online. Ada pun jumlah pendaftar melalui sistem online telah mencapai lebih dari 41 ribu pelamar. (budi)

12

RABU 4 November 2009

HARIAN SEMARANG

Elia Kadam Tutup Usia

Dewi Persik Lesbian ?

D

UNIA hiburan Tanah Air kembali berduka. Aktris dan juga penyanyi dangdut era 70-an, Elia Kadam, meninggal dunia. Deny, salah seorang cucu Elia Khadam menuturkan, pelantun tembang Boneka dari India tersebut menghembuskan nafas terakhirnya di usia 71, Senin (2/11) malam, pukul 20.00, di kediamannya di Jalan Kayu Manis II No 5, Kompleks Pertanian, Citayam, Bogor, Jawa Barat. Deny menambahkan, neneknya diketahui menderita diabetes sejak awal 2009. Namun kpl Elia tidak pernah mengeluh soal sakitnya. “Untuk check up saja jarang, karena nenek baru mau check up kalau sudah terasa,” ujarnya, sedih. Almarhumah dikebumikan di TPU Menteng Pulo, Jaksel, kemarin siang. Tampak hadir Raja Dangdut Rhoma Irama, yang pernah duet dengan Elia Kadam, Mansyur S, serta beberapa penyanyi dangdut lainnya. Rhoma bahkan memimpin doa bagi Elia, yang disebutnya sebagai ikon musik Melayu Indonesia dan Asean. “Dia sangat fenomenal,” cetus Rhoma. Elia Khadam, yang dikenal dengan cirri khas selalu mengenakan Sari, busana khas India ini, boleh dibilang sebagai salah satu seniman berbakat Indonesia. Sejumlah film laris pernah dibintangi di masanya, di antaranya seperti Bing Slamet Setan Djalanan (1972), dan Benyamin Biang Kerok (1972). (kpl/

PEDANGDUT dan bintang film Dewi Persik digosipkan menyukai sesama jenis alias lesbian. Gosip itu muncul garagara foto-foto Dewi dengan seorang perempuan. Namun, janda cantik tersebut membantahnya.

F

oto-foto Dewi dengan seorang perempuan itu beredar di dunia maya. Dalam foto itu, mantan istri Saipul Jamil tersebut, tampak memegang pundak si perempuan yang berambut panjang. Keduanya berdiri berdekatan di lantai dua teras sebuah rumah. Melalui manajernya, Siska, Dewi membantah kalau dirinya menyukai sesama jenis. “Nggak lah,” katanya saat dihubungi detikhot. Aziz, asisten Dewi, juga memberikan bantahan serupa. Menurut Aziz, pemilik goyang gergaji itu sudah biasa terkena gosip yang macam-macam. “Nggak bener,” tukasnya. Kalaupun Dewi terlihat mesra dengan si perempuan, lanjut Aziz, hal tersebut bukan karena menyukai sesama jenis. “Kan cuma pergaulan saja,” ujarnya. Sebelumnya, Saipul Jamil, juga mengeluarkan pembelan untuk Dewi. Kata Saipul, perempuan tersebut kemungkinan adalah penggemar mantan istrinya itu. “Saya yakin, mesranya dia itu karena menghargai, karena Dewi itu orangnya menghormati penggemar,” tandasnya. (joko) kpl

joko)

kpl

Melinda

Nyesal Terlibat Cinta Semalam K

kpl

EPERAWANAN masih jadi mahkota bagi banyak perempuan. Penyanyi Melinda mengaku pernah terlibat cinta semalam alias One Night Stand. Melisa mengaku menyesal pernah melakukan itu. “Penyesalan itu pasti ada. Tapi banyak yang mendukung kok, jadi dunia belum berakhir,” ujarnya. Melinda, mantan pacar Saipul Jamil, mengakui, saat melakukan One Night Stand, dirinya khilaf. Ia tak berpikir panjang dan hanya berpikir soal kenikmatan sesaat. “Saat itu indah banget. Kejadiannya di Singapura, saat liburan. Tapi biar itu jadi bagian dari hidup aku,” tuturnya mengenang. Pelantun Cinta Satu Malam itu pun sempat terpukul ketika mengetahui pria yang menidurinya malah tak bertanggung jawab. “Dia saat itu nggak bisa dihubungi lagi,” imbuhnya. (dtc/joko)

Panggung

Hugo’s café

Susteran Gedangan

Vierra di GOR Trilomba Juang

D

ILIHAT dari luar, bangunan Susteran Gedangan di Jalan Ronggowarsito ini terlihat biasa-biasa saja. Hanya berupa gedung tua dengan ornamen mirip tatanan batu bata berwarna merah. Tetapi bagian dalam biara bagi suster Katolik itu merupakan karya arsitektur yang mengundang decak kagum. Nyaris semua dinding dan pintu dihiasai karya seni yang indah dan agung. Bagian atap kapel (gereja) misalnya berupa ornamen kaca yang menggambarkan kebesaran Tuhan. Dinding kapel juga diperkaya semacam relief. Daun pintu kapel yang terbuat kayu pun berhias lukisan simbolik. Pintu masuk ke tempat ibadah itu dijaga dua manusia suci, yakni Santa Clara dan Santo Fransiscus Assisi. “Bangunan ini bercorak campuran Belanda dan Italia. Sebagian orang menyebutnya gothic,” ujar Suster Angelina yang menemani Harsem berkeliling bagunan kuno itu. Keberadaan Susteran Gedangan dimulai dua abad silam, tepatnya 5 Pebruari 1809. Kala itu bangunan tersebut merupakan Panti Asuhan untuk menampung anak-anak Belanda. Sebelas suster dari negeri kincir angin datang untuk memberi pelayanan terhadap anak-anak yatim tersebut. Nama suster yang mengawali keberadaan biara ini

SMA Nasima akan menggelar Blow Fabulous pada 7 November mendatang, di GOR Trilomba Juang Semarang. Acara akan dimeriahkan band Vierra. Selain itu, sejumlah band pendamping seperti Pie Gaskins, Killing Me Inside dan Thirteen, akan tampil memeriahkan acara juga. Acara tersebut digelar mulai pukul 13.00-selesai.

DJ Riri di E-Plaza E-PLAZA kembali menghadirkan DJ Riri pada Sabtu (7/11). Acara tersebut mulai digelar mulai pukul 22.00-selesai.

Red Chapter Party di Star Queen DJ Titi akan tampil di Star Queen 4 November mendatang. Acara tersebut bertajuk Red Chapter Party 12 dimulai pukul 22.00.

Agenda Hotel

Pandanaran

HARSEM/PANJI

Santika Premiere HOTEL Santika Premiere menyediakan “Paket Business” dengan harga Rp 488.000 ++. Anda akan memperoleh fasilitas menginap di Deluxe Room, gratis makan pagi dua orang, gratis makan siang dua orang, akses internet 24 jam di kamar dan lobi, setrika satu stel/hari, gratis antarjemput bandara/stasiun, surat kabar nasional, dan oleholeh khas Kota Semarang. Segera nikmati pelayanan khas Santika Premier yang berslogan Hospitality From The Heart. Reservasi hubungi 024-8413115 ext 244.

Berusia Dua Abad

JANGAN lewatkan promo spesial di Hotel Pandanaran selama bulan November ini. Hanya dengan Rp 320.000 nett, Anda bisa bermalam di kamar Deluxe Room. Nikmati juga promosi kuliner bertajuk Juicy of Lamb. Menu berbahan utama daging kambing ini dijamin akan menambah stamina pebisnis dalam bekerja dan berlibur di Kota Semarang.

Gumaya NIKMATI musik favorit untuk rileksasi di Sky Line Lounge, Hotel Gumaya Semarang. Sembari bersantai dan menikmati minuman pengunjung bisa menikmati aluan musik akustik yang dipentaskan secara langsung. Acara ini diadakan setiap Rabu (great memories), Jumat (top hits), dan Sabtu (jazz & country) mulai pukul 20.00 hingga 23.00 WIB.

Semesta HOTEL Semesta membuka outlet baru, Semesta Seafood ‘n BBQ Parade. Menyajikan seafood, meat, lamb, dan poultry. Tamu dapat memilih menu dan langsung dimasak. Suasana ini dapat Anda temui setiap Sabtu pukul 18.00-22.00, harga Rp 85.000 (all you can eat), di Terrace Van Oyen Semesta Hotel. Reservasi hubungi 024-3576000.

Ny Nurul Aida menyajikan Soto Banjar khas Kalimantan

I

NDONESIA kaya dengan kuliner soto. Hampir setiap daerah memiliki kuliner bernama soto meski racikannya beragam. Satu lagi khazanah soto yang mesti dicoba, yakni soto banjar (Kalimantan). Jika pe-

terpahat pada dinding aula. aslinya. Sebelum didirikan bangunan, kawasan ini meSuster rupakan perkebunan pisang (gedang) milik kaum Angelina pribumi. Tahun 1732 tanah tersebut dibeli Frederik mengakui, Julius untuk didirikan rumah sakit. Kemupihak dian tahun 1934 bangunan tersebut dibeli Pastur JH Scholten untuk difungsikan sebagai Panti Asuhan. Untuk mengurusi panti, Pastur mengundang 11 suster dari Ordo Santo Fransiscus (OSF) Belanda sebagai pionir dalam menjalankan misi Katolik. Kesebelas suster ini menjadi pionir dalam misi Katolik di Indonesia. Dalam perkembangannya biara itu memiliki beberapa unit pelayanan. Selain panti asuhan juga unit pendidikan dari taman kanak-kanak hingga sekolah dasar. Menurut Kepala Sekolah SD Marsudirini Suster Greeda, dahulu di kompleks biara terdapat beberapa sekolah. Yakni sebuah TK (TK Fatima), tiga SD Bangunan Susteran Gedangan (SD Santa Clara, SD Theresiana, dan SD Christus Rex), satu SMP (SMP Santa Ana), dua pengelola membutuhkan biaya sangat besar untuk SLTA (SMA Sedes Sapiente dan SMK Fon Fivus), merawat bangunan suci dan bersejarah ini. Dia serta sebuah perguruan tinggi, yakni ASM Santa berharap Pemkot Semarang bersedia mengucurkan Maria. dana untuk merawat bangunan cagar budaya ini. Sebagian besar bangunan kuno itu masih sesuai (panji)

HARSEM/PANJI

HUGO’S Café Semarang, hari ini (4/11) menggelar Flying High. Acara tersebut dimulai pukul 22.00 dengan penampilan Q pid dancer.

Warungan

Kuah Segar Soto Banjar nasaran dengan rasanya yang gurih, hanya satu tempat yang bisa dikunjungi. Yakni gerai Soto Banjar Hj Nurul Aida di Pujasera Sahabat Jalan Supriyadi (Kalicari) Semarang. “Ini satu-satunya warung di Semarang yang menyediakan menu soto banjar,” ujar wanita kelahiran Samarinda ini. Kelezatan soto ini memang sudah kondang di seantero nusantara. Kuahnya yang kuning berasa segar lantaran mengandung bumbu rempah yang komplit. Selain jahe, kunyit, mrica, dan polo ada lagi bumbu khas yakni buah kenari. Meski kaya bumbu, tak seserpih rempah terlihat dalam kuah pekat itu. Pasalnya rempah khas itu dibungkus kain ketika direbus dalam kuah.

Racikannya relatif sama dengan soto dari daerah lain. Ada soun, suwiran ayam, perkedel, seledri, telur bebek, dan kekupat. Yang membedakan adalah ketupat khas Banjar dibungkus menggunakan daun nipah. “Dengan bungkus daun nipah, rasanya menjadi lebih sedap,” ujar warga Jalan Beruang Raya III/4 Semarang ini. Agar lebih nikmat, racikan soto dan kuah ini perlu diberi kecap, sambal, dan air jeruk. “Aslinya soto banjar menggunakan kecap asin. Tetapi untuk memenuhi selera orang Semarang, saya sediakan juga kecap manis,” ujar istri pensiunan pegawai pertamina ini. Harga seporsi soto istimewa ini hanya Rp 6.500. Khusus Sabtu-Minggu warung ini menyediakan nasi kuning yang juga khas Kalimantan. Jika ingin menikmati sebaiknya datang pagi-pagi.

“Siang sedikit nanti kehabisan,” ujar Ny Aida. Sebagai teman menyantap soto, disediakan wadai bingka. Kue berbahan baku kentang, terigu, dan santan ini djual Rp 2.000 per butir. Rasanya sedap dan gurih karena mengandung santan kental. Baru setengah tahun Ny Aida membuka warung soto ini. “Itu pun karena dirayu-rayu oleh tetangga,” ujarnya. Setiap hari lebaran, dia membuat soto gurih itu untuk diantarkan kepada tetangga. “Banyak tetangga yang memberi komentar, katanya enak. Kemudian mendorong saya untuk membuka warung,” jelasnya. Tampaknya “bisik-bisik tetangga” itu mujarab. Meski semula ragu, kini warung dekat Lapangan Kalicari itu selalu disesaki pengunjung. (panji)


HS Edisi 4 November 2009