Page 1

Rp 1.000 GRATIS HARIAN SEMARANG UNTUK 10 PEMBELI PERTAMA

www.koranhariansemarang.com

dengan nilai belanja minimal Rp 40.000, (khusus untuk Member Kartu AKU) * Hanya berlaku di Alfamart Kota Semarang Halaman

Rabu wage, 26 Desember 2012 | Terbit 16 Halaman | Redaksi (024) 3518359, Faks (024) 3516531 | Iklan & Pemasaran (024) 3516531, 91507718, Faks (024) 3516531

Norwich City vs Chelsea

Antiklimaks! Norwich City pernah melumat Arsenal dan MU, masing-masing 1-0. Namun, lawan mereka pada “Boxing Day” ini adalah Chelsea yang sedang menanjak. Bisakah mereka melakukan hal serupa? Chelsea yang kini dibesut Rafa Benitez baru saja pesta gol dengan meremuk Aston Villa 8-0. Hasil tersebut membuat beberapa pihak menilai, Chelsea sudah kembali ke perburuan gelar Premier League. “Chelsea punya lini serang luar biasa. Victor Moses mulai menunjukkan kualitasnya. Torres juga sedang bagusbagusnya. Fakta bahwa mereka menjaga gawang tidak kebobolan juga menunjukkan kedalaman skuad yang mereka miliki,” ujar pelatih Norwich Chris Hughton. Toh, Hughton tidak patah arang. Mantan Manajer Newcastle United ini berharap, Chelsea mengalami antiklimaks. (rif)

NGSUNG SIARALNOLbAaL TV Ib

g L 22.00 w 2) PuKu /1 6 (2 u b Ra

Geng Motor Beringas Lagi Selama 2012, 93 Tahanan Kabur

iNdoNeSia Police Watch (IPW) mencatat, sepanjang tahun 2012, sedikitnya 93 tahanan kabur dari rutan. Masing-masing merupakan tahanan dari 26 kantor polisi di seluruh Indonesia, mulai dari Polsek, Polres hingga sel tahanan Polda. “Tahanan kabur terbanyak dari polsek. Ada 14 polsek kebobolan hingga 64 tahanan,” kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, kemarin. Urutan kedua adalah Polres, yakni

ada 7 Polres dengan total 12 tahanan kabur. Posisi ketiga Polda, yakni lima Polda kebobolan 17 tahanan. Menurut Pane, paling mengejutkan adanya tahanan teroris, Roki, yang lenyap dari Rutan Polda Metro Jaya pada 6 November 2012 siang. “Kaburnya 93 tahanan dari markas polisi ini menunjukkan Polri tidak serius mengawasi para pelaku kriminal yang sudah tertangkap.” tandasnya. Terkait tahanan kabur di tahun 2012, Polda Sumut menduduki ranking tertinggi. Ada 7 kasus pelarian tahanan di wilayah hukum Polda Sumut, sebanyak 37 tahanan. Mereka kabur dari tiga polsek, dua polres, dan polda. Lebih lanjut dikatakan Pane, ranking kedua diduduki Polda Metro Jaya, ada 13 tahanan kabur. Selanjutnya di wilayah hukum Polda Sulsel ada 10 tahanan yang kabur. “Sebagian besar, tahanan kabur akibat petugas jaga teledor. Bahkan ada tujuh kasus, tahanannya dibiarkan tanpa pengawalan hingga tahanan tersebut kabur dengan mudah.” kata Neta.

Jalanan Kota Semarang belum steril dari kejahatan. Jambret masih ada, begal pun belum padam. Nah, geng motor juga masih ikut-ikutan membuat seram. Halo, pak polisi, apa kabar?

S

empat hilang dari pemberitaan, belakangan fenomena kejahatan yang dilakukan kelompok motor atau geng motor kembali menyeruak di Kota Semarang. Terakhir, sekitar 20 remaja bermotor mengamuk di Jalan Pahlawan, atau tepatnya depan kantor Pengadilan Tinggi Jateng, Minggu (23/12) dinihari. Korbannya kali ini adalah Slamet Ahmad Soimun (16). Pelajar warga Kalijaran, Sidorejo, Brangsong, Kendal ini dihajar oleh 20 remaja tak dikenal. Motor Yamaha Mio warna merah H-3584-QD milik Slamet dirampas oleh kawanan pelaku. Insiden perampasan tersebut terjadi sekitar pukul 01.30.

Bersambung Hal 7

Bang Ipul pun Dukung Novita Setelah sebelumnya mendapat dukungan dari beberapa organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP) serta restu dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pusat, kini muncul lagi dukungan pada Novita Wijayanti. Kali ini dari kalangan selebritis Saiful Jamil. Dukungan dari pedangdut itu dilontarkan saat menjadi bintang tamu dalam acara jalan sehat KNPI Jateng di depan Gedung Berlian, Jalan pahlawan Semarang, Minggu (23/12) lalu. Saipul mengaku sangat mengapresiasi niatan Ketua KNPI Jateng

Bersambung Hal 7

Desy Ratnasari

Novita wijayanti

Putus Cinta Lagi

K

ISAH cinta Desy Ratnasari dan pengusaha Irwan Danny Musri, tamat sudah. Padahal asmara ini telah terjalin delapan tahun. Gagal untuk kesekian kali dalam urusan cinta, tidak membuat pelantun Tenda Biru ini trauma. “Insya Allah saya tidak trauma. Kalau memang jodoh pasti saya akan jalani. Hidup ini hanya menjalani apa yang diberikan oleh Allah,” katanya, di Jakarta, kemarin.  Meski begitu, artis yang terkenal di era 90-an ini akan lebih selektif memilih pasangan hidup. Apalagi kini ia punya seorang putri. Desy berharap, pasangannya kelak akan mencintai dirinya dan juga putri tunggalnya itu. (yul)

Bersambung Hal 7

Goa Maria Jadi Tempat Favorit

HaRsem/IndRa PRabawa

Khidmat Misa Natal

ribuaN umat Nasrani dengan khidmat mengikuti misa Natal di Gereja Katedral, Semarang. Misa dipimpin Uskup Agung Semarang Mgr Pujo Sumarto PR.

objek wisata religi Goa Maria Kerep di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, sekitar 22 km dari Ungaran atau 50 km dari Kota Semarang, selalu menjadi tempat favorit di saat Paskah atau Natal. Tidak hanya jemaat di gereja setempat, namun sebagian besar pengunjung justru berasal dari luar kota. Dari pantauan Harsem, pelat nomor mobil/motor di lapangan parkir, berasal dari Kota Jakarta, Yogyakarta, Surakarta, Magelang, Kota Semarang, dan kota-kota besar lainnya. Salah satu pengunjung asal Kota Semarang, Ayu (29), mengaku sangat suka berkunjung ke Goa Maria. Ia juga mengaku kedatangannya tidak untuk mengikuti ibadah Natal di gereja setempat, tapi hanya ingin berdoa dan menikmati keindahan objek wisata tersebut.

Bersambung Hal 7

Istriku, Kakak Iparku

Cinta bermula dari kebiasaan. Dan dari cinta yang membuta, bisa lahir dosa-dosa yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

HaRsem/aRIeL nOVIandRI

Nama saya Robi. Saya anak bungsu dari empat bersaudara. Setamat SMA, empat tahun silam, saya melanjutkan studi ke bangku kuliah di Semarang. Untuk menghemat biaya, saya menumpang di rumah kakak di Sampangan, Semarang.

Bersambung Hal 7

bola.vivanews.com

Follow Us on:


Rabu, 26 Desember 2012

Ratusan Ibu Ikuti Pemeriksaan Kanker Serviks TIM Penggerak PKK Kota Semarang bekerjasama dengan Radio Idola 92,6 FM Semarang menggelar kegiatan peduli kesehatan kaum ibu di Kota Semarang, baru-baru ini. Acara yang bertajuk ‘’Kepedulian Pada Kesehatan Ibu’’ ini dimeriahkan dengan acara senam sehat yang diikuti sekitar 250 peserta dari 16 Pokja PKK dan Formi Kota Semarang. Sebagai bentuk kepedulian, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani dalam kesempatan ini juga memberikan bantuan layanan pemeriksaan kanker serviks gratis untuk ibu PKK serta peralatan posyandu. Dalam pemeriksaan yang dipimpin dokter Ayu dari Klinik Medika ini diikuti oleh ratusan ibuibu PKK. GM PT Angkasa Pura I Bandara A Yani Priyo

Jatmiko menyerahkan bantuan ini secara simbolis kepada perwakilan tim penggerak PKK Kota Semarang. Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Titi Suseno mengungkapkan, kegiatan ini sekaligus memeriahkan peringatan Hari Ibu ke-84. Posisi kaum perempuan secara sosial yang sudah lebih maju di masa sekarang ini tetap saja masih belum sepenuhnya memberikan akses informasi yang cukup terhadap layanan kesehatan dan penyakit. Kegiatan yang berlangsung di halaman DPRD Jateng ini juga diisi dengan talkshow kesehatan dan kesehjateraan keluarga Bapermas Kota Semarang serta penghargaan Ibu Idola 2012.

(J14/SMNetwork/sae)

Ditinggal Makan, Kos Dibobol Pencuri AKSI pencurian di rumah kos kembali terjadi. Kos di Jalan Gergaji Perbalan 1110 C, Semarang yang dihuni oleh Chomsatun Umami (19), warga asal Wates RT 02 RW 06, Kumpulrejo, Argomulyo, Salatiga, menjadi sasarannya. Dua unit laptop milik Umami raib dibawa kabur pelaku yang diduga lebih dari satu orang. Kejadian itu kemudian dilaporkannya ke Mapolrestabes Semarang, Minggu (25/12) siang. Kepada petugas, Umami bercerita, pencurian itu terjadi, Minggu (23/12) sekitar pukul 08.00. Saat itu kos yang ditempatinya selama beberapa tahun terakhir ini ditinggal sehingga kondisinya sepi. “Kos saya kunci lalu saya pergi sebentar untuk membeli makan,” ungkapnya, kemarin. Selang beberapa menit kemudian usai makanan yang dicarinya didapat, Umami

kembali ke kos tersebut. Namun, alangkah kagetnya ketika dia membuka pintu kos dan mendapati seluruh ruangan acak-acakan. “Saya penasaran dan melakukan pengecekan,” ujarnya. Umami semakin terperancat saat melihat dua laptop yang ada di kos tersebut sudah tidak ada di tempat semula. “Saya langsung keluar dan menanyakan kepada warga sekitar kalau-kalau ada yang melihat pelaku,” terangnya. Upaya itu tak membuahkan hasil, hingga Umami memutuskan untuk mengadukan peristiwa itu ke kantor polisi. Umami mengaku, saat kejadian kos itu memang dalam kondisi sepi. Sebab, beberapa penghuni lain sedang pulang kampung. “Biasanya meski sepi kos saya tetap aman-aman saja,” katanya. Hingga kemarin kasus ini masih dalam penyelidikan Satrekrim Polrestabes Semarang. (ebp,J12/SMNetwork/sae)

Jadwal Sholat Subuh

Dhuhur

Azhar

Maghrib

Isya

03:49

11:26

14:49

17:40

18:54

Lawang Sewu Hijab Class KHC KHASANAH Hijab Community (KHC) mengadakan hijab class dengan tema “Inspiration Hijab of Ria Miranda” dan Sharing Yoga untuk muslimah by “Qita Yoga”, Sabtu (12/1/13) pukul 15.00 di Express Resto lt 5 Hotel Amaris, Jl Pemuda 138 Semarang. Pendaftaran 65ribu/org, fasilitas coffe break, hijab kit, doorprize, produk sponsor. Pendaftaran KHC: Ika (02470430004/087733000200) atau Astrid (085641946087). (H84/ SMNetwork/sae)

Sumbang Darah RS Telogorejo RS Telogorejo bekerja sama dengan PMI Cabang Semarang menggelar acara Sumbang Darah pada Rabu (26/12) mulai pukul 08.00, di ruang tunggu pengunjung (depan Sekretariat RS Telogorejo) Jl KH Ahmad Dahlan Semarang. Disediakan souvenir cantik bagi penyumbang. Informasi di humas 8452912, 8448448 ext. 2111. (prs/SMNetwork/sae)

Minggu Depan Jembatan Banjirkanal Barat Selesai SEMPAT dikhawatirkan molor, proyek Jembatan Banjirkanal Barat dipastikan selesai minggu depan. Molornya proyek tersebut karena adanya tambahan kegiatan penyelesaian aspal yang kurang sempurna.

P

ROYEK duplikasi Jembatan Banjirkanal Barat dijadwalkan selesai minggu depan. Hal itu diungkapkan pengawas lapangan, Kasiman, baru-baru ini. Kontrak kerja

kegiatan itu berakhir 31 Desember mendatang. “Kontrak kerja semula memang berakhir tanggal 27 November. Tapi karena ada tambahan kegiatan untuk penyelesaian aspal yang semula kurang sempurna, kontraknya diperpanjang. Kegiatan itu dijadwal selesai 31 Desember mendatang,” jelasnya. Dia menjelaskan, saat ini proyek tersebut telah selesai lebih dari 80 persen. Kegiatan yang belum dilakukan tinggal pengaspalan. Pekerjaan itu menurutnya masih harus menunggu umur beton antara satu hingga dua minggu sejak selesai dikerjakan. Dia menegaskan, melihat perkembangan pekerjaan saat ini, pihaknya optimistis kontrak kerja bisa selesai tepat waktu. Dengan begitu, masyarakat bisa segera memanfaatkannya. Seperti yang pernah diberitakan, Jembatan

Banjirkanal Barat yang menghubungkan alan Jend. Sudirman dengan ruas Jalan Mgr. Sugijapranoto dilebarkan. Kegiatan itu didanai APBN senilai Rp 8,294 miliar. Jika jadi nanti, ruas jalan di bagian utara yang semula dua lajur akan bertambah menjadi empat. Bentuk jembatan itu sendiri akan disamakan dengan jembatan Lemahgempal dan Kartini. Samping kanan dan kiri jembatan itu nanti akan dihias mirip kedua jembatan itu sehingga tampak indah. Masyarakat yang sering melalui jembatan itu sendiri berharap proyek itu cepat selesai. Salah seorang warga, Anto (32), menilai jika pelebaran itu selesai maka kemacetan yang sering timbul di jalan tersebut bakal terurai. Sebab selama ini, sempitnya jembatan itu menjadi salah satu titik penyebab kemacetan. (H35,H71/SMNetwork/sae)

Hampir Semua Saluran Berada di Badan Jalan HAMPIR semua saluran yang dibangun Pemkot Semarang berada di badan jalan, Dan ini menjadi permasalahan utama di Kota Semarang. Hal ini mendapat sorotan dari pakar Hidrologi dari Universitas Diponegoro (Undip), Nelwan. “Selokan yang semestinya disediakan di pinggir jalan justru ditutup rapat dengan trotoar, dengan jalur lambat dan lain-lain. Otomatis pembangunan saluran tersebut akan berdampak pada stabilitas jalan dan menyulitkan pemeliharaan. Akibatnya saluran menjadi buntu, bumpet, penuh endapat dan kotoran,” beber Nelwan. Lanjut Nelwan, semestinya badan jalan tidak dipakai untuk selokan. Secara inventarisasi aset pemerintah kota hal tersebut tidak benar. Sebab fungsi badan jalan hanya untuk lalulintas. “Selokan ya harus di tepi (jalan). Apalagi sekarang pemerintah sedang giatnya mempermanis trotoar, ada yang dikeramik, itu juga menambah semakin sulitnya membongkar saluran yang ada di bawahnya. Sehingga dalam kondisi ini, PSDA yang berhubungan dengan ini kalau benar-benar harus membongkar semua trotoarnya yang ada,” katanya. Nelwan mencontohkan pembangunan saluran di badan jalan, yakni di kawasan

Jalan Agus Salim dan Kartini. Di kawasan tersebut badan jalan di lubangi kemudian di dibuat saluran menggunakan pracetak beton, setelah itu jalan kembali dilapisi aspal. “Kita bisa bayangkan pemeliharaan ke depan. Kalau ada suatu kebumpetan apa mau dibongkar lagi jalan itu? Apa tidak jauh lebih mahal pemeliharaannya?” ujarnya. Nelwan menjelaskan, pembangunan saluran di badan jalan akan menimbulkan beberapa dampak, yakni stabilitas badan jalan akan terganggu. Lama-lama kekuatan badan jalan akan terkikis dan membuat kondisi jalan menjadi cekung, karena di bawah jalan terdapat saluran. “Yang kedua, pemeliharaan yang dilakukan mendatang, harus membuka jalan lagi. Apa ini tidak repot dan membutuhkan biaya tinggi. Hal lain yang ketiga membikin kerancuan inventaris pemerintah, dimana badan jalan yang seharusnya dipakai untuk lalulintas tapi dibuat selokan,” tandasnya. Menurut Nelwan, idealnya, kondisi saluran di Semarang ini ada di bawah trotoar. Dia mencontohkan seperti saluran di Jalan A Yani, Pandanaran, Pahlawan, dan Pemuda. Namun peningkatan trotoar yang dilakukan pemkot justru menambah sulit masa

TERANCAM MOLOR

HARSEM/INDRA PRABAWA

Sejumlah alat berat dikerahkan untuk perbaikan gorong-gorong di Pasar Johar agar cepat selasai sesuai rencana awal bulan Desamber 2012. Jika perbaikan ini molor, dikhawaitkan menyebabkan aktivitas pedagang dan warga terganggu karena banyak lumpur dan sampah.

pemeliharaan saluran. “Beberapa waktu ini saya melihat trotoar dipercantik, diberi keramik dan lainnya. Tapi hal itu justru menambah sulit pemeliharaan. Saya melihat bukannya karena ketidaktahuan pemerintah tapi coba dikondisikan oleh keadaan tadi. Kalau benarbenar membongkar trotoar kembali apa tidak menimbulkan permasalahan tersendiri,” ujarnya.

Menurutnya, contoh saluran yang baik di Semarang sudah sangat sulit ditemukan. Karena banyak saluran tertutup yang menyulitkan pemeliharaan. “Saya hanya melihat saluran ideal di Kampung Kali, saya lihat masih oke, mudah pemeliharaannya karena memang terbuka. Tapi (saluran) yang lain tertutup semua,” terangnya. Dia berharap fungsi saluran dikembalikan seperti semula.

Dia mencontohkan daerah lain, seperti Jakarta dan Bandung, ada sejumlah saluran yang memang dibiarkan terbuka, tanpa ditutup trotoar atau difungsikan fasilitas lain. “Di beberapa bagian Kota Jakarta juga ada yang cukup bagus, di kota lain seperti Bandung juga saya lihat banyak beberapa bagian yang daerahnya masih permukiman juga memiliki selokan-selokan terbuka,” contohnya. (lif/sae)


Rabu, 26 Desember 2012

Demam Berdarah Capai 1.084 Kasus

Bibit Kecewa

DALAM rentang tahun 2012 hingga minggu pertama Desember atau minggu ke-49, telah terjadi 1.084 kasus demam berdarah dengue (DBD). Paling tinggi pada bulan Mei dengan 170 kasus, disusul bulan April dengan 155 kasus. Dinas Kesehatan Semarang akan aktif melakukan pengasapan atau fogging jika di sebuah wilayah ditemukan kasus DBD. Pada bulan Oktober terjadi 54 kasus, Nopember 51 kasus, dan minggu pertama Desember 19 kasus. “Targetnya hingga akhir tahun bisa turun,” kata dr Mada Gautama, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Semarang. Nyamuk aedes aegypti yang membawa virus penyebab penyakit DBD harus diwaspadai pada saat musim hujan. Genangan air jernih yang banyak ditemui di rumah harus dikuras, agar tidak menjadi media berkembang biak. Sifat air hujan yang jernih merupakan media utama perkembangbiakan, sementara air kotor tak disukai nyamuk ini. Untuk itu masyarakat yang mempunyai baik mandi agar dikuras bila tak dipakai atau ditutup. Sekolah yang hendak meliburkan siswa juga diminta untuk mengosongkan bak mandi. “Cadangan air di penampungan sebaiknya diberi bubuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati,” kata Kepala Dinas Kesehatan Semarang, Widoyono, kemarin. Penurunan DBD dari 2010 ke 2012 mencapau 76 persen. Ia merinci pada tahun 2010 kasus DBD mencapai 5.556 dengan kematian 47 jiwa, pada 2011 terjadi 1.303 kasus dengan angka kematian 10. Tahun ini ditargetkan menurun. “Jangan lupa tandong-tandon air hujan dikeringkan agar tak ada jentiknya,” tambah Mada. Di RS Roemani menunjukkan kenaikan kasus DBD dalam tiga bulan terakhir. Di bulan September terdapat 23 pasien dirawat, kemudian meningkat pada Oktober sebanyak 31 orang dan terus meningkat di bulan November mencapai 40 pasien. “Meningkatnya jumlah kasus seiring dengan datangnya musim penghujan. Orang tua harus jeli menjaga anak-anak agar terhindar, sebab sebagian besar pasien berusia anak,” kata Kepala Humas RS Roemani, Mardliyah. (H74/SMNetwork/sae)

GAGALNYA pembangunan Pasar Induk Agromas di Masjid Agung Jateng (MAJT) Jalan Gajah Raya Semarang, membuat Gubernur Jateng Bibit Waluyo kecewa.

G

UBERNUR Bibit Waluyo merasa kecewa atas gagalnya pembangunan Pasar Induk Agromas di kawasan Masjid Agung Jateng (MAJT). Pasalnya, tujuan didirikannya pasar itu untuk mendukung biaya operasional MAJT. Ia mengatakan, seharusnya pasar itu dapat berdiri di MAJT. Namun, hal itu tidak terwujud karena izin dari Kemenag RI tak kunjung turun. “Saya sudah mbleret. Usaha yang saya lakukan juga tidak kurang-kurang. Wong tinggal teken, kok yo di angel-angel,” kata Bibit kepada wartawan, Senin (24/12) lalu. Ia sendiri mengaku heran dengan sikap Kementrian Agama yang tidak memberikan izin. “Kalau motongi kue (minta APBD, red) terus jadi tipis (APBD, red). Kalau nunggu mak kluthuk-mak kulthuk (kotak amal) juga tidak mencukupi,” ujarnya. Ia juga menjelaskan rencana pembangunan pasar induk agro itu juga sudah melalui studi banding ke pasar agro Jakarta Timur. “Kalau di Jakarta Timur bisa mencapai Rp 150 juta per hari. Di sana, memang pusatnya nasional. Ya untuk di Semarang tidak harus sebesar itu. Mungkin Rp 30 juta per hari atau Rp 10 juta per hari.

Pasien Flu Burung Negatif

DINAS Kesehatan Jawa Tengah menyatakan, pasien suspect flu burung yang dirawat di RS Elisabeth negatif dari virus yang ditularkan oleh unggas. Hasil usapan tenggorokan dan lendir pasien yang diperiksa dilaboratorium Dinkes Jateng tak menunjukkan, M (52), warga Bergas Kabupaten Semarang ini terjangkit virus H5N1. Meski demikian, selama dua pekan ke depan, pihak Dinkes Jateng tetap mempertahankan posko di lokasi rumah pasien untuk menghilangkan virus. “Inkubasi virus selama dua pekan kami pantau lewat posko yang didirikan dinas setempat. Kami jaga lokasi untuk mengantisipasi persebaran virus serta mengamati apakah ada unggas lagi yang mati mendadak di sekitarnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jateng, dr Anung Sugihantono, kemarin. Kondisi kesehatan pasien juga dipantau terus menerus untuk memastikan hingga dua pekan ke depan tidak ada gejala yang mengarah ke flu burung. Saat ini kondisi pasien yang dirawat di kamar isolasi Ruang Vincentius membaik. “Sudah membaik tidak ada masalah, sudah bisa jalan-jalan. Tetapi masih berada di ruang isolasi,” kata Kepala Humas RS Elisabeth, Probowatie Tjondronegoro. Keberadaan virus ini diharapkan oleh Anung tidak membuat panik masyarakat. Ia akan terus melakukan penyuluhan agar masyarakat mengerti tentang gejala dan langkah yang harus dihadapai dalam menjaga kebersihan lingkungan. Gejala umum virus flu burung berupa munculnya batuk atau pilek disertai kejang dan hilangnya kesadaran. Penyakit pernafasan lain serta demam mendadak disertai kegawatdaruratan itu dicurigai terpapar virus dan harus memeriksakan diri ke instalasi kesehatan. Menurut Ahi Paru-Paru RSUP dr Kariadi Semarang, dr Agus Suryanto Sp PD-KP, masyarakat perlu tahu gejala tersebut agar tidak panik menghadapi demam dan penyakit pernafasan. Sehingga tidak semua penyakit pernafasan yang khususnya dekat dengan unggas dikaitkan dengan flu burung. “Waspada itu perlu, tapi jangan sampai panik. Jika demam mendadak disertai kejang dan hilangnya kesadaran segera periksa ke rumah sakit. Sebab, gejala awal flu burung tidak spesifik, hampir sama dengan penyakit lain,” ujar anggota tim penanganan penyakit flu burung RSUP dr Kariadi ini. (H74/SMNetwork/sae)

Akhir Tahun Tol Masih Belum Optimal

Proyek Pasar MAJT Gagal

JALAN tol Semarang-Solo ruas Semarang-Ungaran masih belum bisa dimanfaatkan. Hal itu terlihat masih banyak kendaraan yang melewati jalur reguler. Penilaian itu disampaikan oleh Pakar Transportasi Unika Soegijapranata Semarang Joko Setiyowarno, kemarin. Ia mengatakan, mega proyek tol itu masih belum bisa dinikmati masyarakat sebagai pengguna jalan. Ia memperkirakan jalan tol Semarang-Solo baru dapat optimal pada 2020 mendatang. Hal itu sendiri terlihat di mana jalan provinsi Semarang-Solo masih cukup lengang. Atas dasar itu, para pengguna kendaraan pribadi tetap akan memilih jalur tersebut. “Kepadatan hanya terlihat di sepanjang ruas jalan Semarang hingga Bawen. Jadi, jika tol jadi dua tahun lagi, maka yang akan ramai sementara baru SemarangBawen,” katanya. Dikatakannya pula, “jadi orang tidak bisa dipaksa masuk tol. Kalau memang kondisinya benar-benar macet, tol akan jadi pilihan utama.”. Terpisah, Manajer Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ) Sabilillah mengatakan, PT TMJ sejak merencanakan pembangunan jalan tol Semarang-Solo, telah melakukan studi analisa lalu lintas di luar tol. “Awal tahun depan, kita juga melakukan sudi lagi,” kata Sabilillah.

Saya kira sudah bisa membantu MAJT,” jelasnya.

Sementara, Ketua Badan Pengelola MAJT Ali Mufiz juga mengatakan, sejauh ini belum ada perkembangan berarti atas realisasi pembangunan pasar tersebut. “Informasi yang saya peroleh, investor keberatan soal item-item tertentu. Investor hanya sependapat dengan MoU yang dulu pernah kita komunikasikan,” kata Ali Mufiz. Sebelumnya, kata dia, investor sudah ada komunikasi dengan MAJT terkait dengan rencana pembangunan pasar Agro. Hanya saja, dalam aspek hukum pihaknya tidak memiliki kewenangan sehingga diserahkan kepada pusat. Seperti diketahui, rencana pembangunan Pasar Induk Agromas itu sudah dimulai sejak 2009 lalu. Anggaran pembangunannya hingga Rp 66 miliar. Dana tersebut berasal dari APBD Jateng sebesar Rp 36 miliar dan dari investor Rp 30 miliar. Pada 28 Oktober 2009, sudah sempat diawali dengan pengurukan lahan. Namun akhirnya juga tidak ada kelanjutannya sampai sekarang.

Tetap Ramai Menurut, dia kendaraan roda empat yang masuk ke jalan tol ruas Semarang-Ungaran itu justru melebihi dari perkiraan sebelumnya. Dalam studi yang dilakukan TMJ, kendaraan masuk ke ruas Semarang-Ungaran itu sekitar 12 ribu lebih. Dengan meningkatnya pertumbuhan kendaraan roda empat, TMJ optimistis jalan tol akan banyak dimanfaatkan oleh pengguna jalan. “Namun, saat ini setiap harinya rata-rata yang masuk 13.400-an kendaraan. Bahkan pada cuti bersama dan Natal ini, pada 23 Desember lalu sampai 22 ribu kendaraan,” paparnya. (ano/sae).

(ano/sae)

Benahi Transportasi

Belajarlah pada Bogota dan Seoul PELEBARAN Jembatan Banjir Kanal Barat dan pembangunan flyover Kalibanteng yang sedang dilakukan, dinilai tak akan bisa mengatasi kemacetan. Hal ini diungkapkan oleh Pengamat transportasi umum Unika Soegijopranoto Kota Semarang, Joko Setijowarno Joko justru meminta pemerintah belajar dengan Bogota dan Seoul yang lebih mengutamakan benahi transportasi umum. Ketika Lee My Bak (sekarang Presiden Korea Selatan, red) jadi Walikota Seoul merobohkan tol dalam kota yang sebagian berada di atas Sungai Cheonggyecheon. Kemudian dijadikan ruang terbuka hijau dan memperbaiki transportasi umum. Demikian pula dengan Enrico Penalosa ketika jadi Walikota Bogota menolak bantuan Jepang bangun jalan, tapi secara radikal membangun busway. ‘’Dikhawatirkan kelompok-kelompok yang masih terus memaksa bangun ruas tol punya agenda tersembunyi

demi kepentingan pribadi, tapi merusak tata ruang dan transportasi umum,’’ tegas Joko. Pembangunan untuk mengatasi kemacetan yang dilakukan pemerintah dinilai Joko, justru akan menambah kemacetan dan merusak ruang terbuka hijau. “Pembangunan pelebaran jembatan Banjir kanalbarat dan flyover Kalibanteng yang sedang dibangun itu tak akan bisa kurangi kemacetan. Harusnya pemerintah memikirkan lebih matang sebelum menempuh langkah tersebut,” kata Joko Setijowarno. Joko juga menilai, pembangunan jalan tidak efektif atasi kemacetan. Terlebih program pengembangan pembenahan transportasi umum tidak sungguh-sungguh. Seperti asal ada BRT, namun tidak bisa mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke BRT Trans Semarang. Menambah kapasitas jalan (jalan baru, pelebaran jalan, jalan layang, jalan tol), lanjutnya, tak akan bisa mengatasi kemacetan,

justru memicu pengguna kendaraan pribadi lebih banyak. Buktinya Kementerian PU membangun puluhan jalan layang di kota metropolitan dan besar dengan dana triliunan rupiah. Tapi tak sanggup mengatasi kemacetan, malah tambah parah. Terpisah, Ketua Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Kota Semarang, Ngargono, juga mengatakan langkah pemerintah mengoperasikan BRT tidak akan efektif mengurangi apalagi mengatasi kemacetan. Sebab tidak dibarengi langkah tegas untuk mengurangi jumlah angkutan umum mili swasta. “Lihat saja sampai satu tahun lebih BRT koridor satu MangkangPenggaron dioperasikan, sampai saat belum terlihat dampaknya terhadap pengurangan kemacetan. Buktinya kendaraan pribadi masih banyak, malah semakin banyak,” tandasnya. (lif/sae)

Pengunjung Bonbin Mangkang Membludak SEJUMLAH motor dan mobil harus mengantre cukup lama untuk masuk ke area Parkir Taman Margasatwa Semarang atau sering disebut Bonbin Mangkang, Selasa (25/12). Pasalnya sejak pagi pukul 08.00, area parkir sudah penuh sesak. Tak hanya kendaraan yang bernomor polisi Semarang (H), namun juga AD, B, AA, G dan lain sebagainya. Hal itu menandakan, bonbin yang diresmikan 2007 lalu itu, juga menarik pengunjung dari luar daerah. Momen Natal dan libur sekolah menjadi saat yang tepat untuk berekreasi bersama keluarga. Tempat wisata edukasi itu

semakin menarik setelah dihuni satwa baru. Yakni 10 anak buaya rawa yang ditetaskan 20 Desember lalu. Sebenarnya, pihak pengelola berhasil menetaskan 17 telur, namun tujuh di antaranya tak bertahan lama dan mati. Ditambah tiga anak harimau benggala yang lahir pada akhir September lalu. Sebenarnya ada empat anak harimau yang dilahirkan, namun lagi-lagi, satu di antaranya mati. Para pengunjung pun berlomba-lomba ingin melihat anak macan yang baru dilahirkan. ‘’Hampir setengah jam saya berdiri di sini (depan kandang harimau) ingin melihat anak

macan. Tetapi dari tadi tak juga keluar dari kandangnya,’’ ujar Hasan (35), salah satu pengunjung asal Pekalongan. Pihak pengelola mencatat, sekitar 4000 pengunjung datang pada, Selasa (25/12). Jumlah tersebut dua kali lipat dibandingkan pada Minggu (23/12). Sedangkan di hari-hari biasa hanya sekitar 200-400 pengunjung. Diperkirakan mencapai puncaknya pada tahun baru sekitar 15 ribu pengunjung. ‘’Kami terus memperbaiki kondisi bonbin. Salah satunya semakin rindangnya pohonpohon yang ada. Beberapa jenis pohon yang ditanam adalah kersen dan ketepeng. Kini

HARSEM/SM/HENDRA SETIAWAN

Tempat Parkir Tak Dapat Menampung

BERDESAKAN: Ratusan pengunjung berdesak-desakan memadati area Bonbin Mangkang, Selasa (25/12). tidak seperti beberapa tahun lalu yang panas. Untuk area parkir memang belum dapat menampung, sebagian harus

parkir di jalan,’’ papar Kepala UPTD Taman Margasatwa Semarang, Kusyanto.

(K18/SMNetwork/sae)

Masih Ada Sopir BRT Merokok di Dalam Bus PELAYANAN bus rapid transit (BRT) Koridor I MangkangPenggaron, masih dikeluhkan beberapa penumpang. Di antaranya masalah waktu tunggu serta etos kerja para sopir. Sopir bus dinilai tidak taat aturan, karena ada yang masih merokok di dalam bus padahal ber-AC (air conditioner). Selain itu sopir tidak menghentikan kendaraannya ketika distop di selter tempat tunggu penumpang. Wahid Amiyanto (45), warga Ngaliyan mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya mendapati sopir BRT merokok di dalam bus. Padahal sesuai imbauan Kepala Dishubkominfo Kota Semarang, sopir dilarang merokok di dalam bus karena bus menggunakan fasilitas AC. “Bus saat itu memang sedang berhenti di Terminal Penggaron menunggu penumpang, tapi sopir seharusnya tidak merokok di dalam,’’ ungkap Wahid. Wahid mengaku atas kejadian tersebut langsung melaporkannya ke bagian pengaduan di Terminal Penggaron. Ia berharap ada tindakan tegas terhadap supir dan operator BRT lainnya yang merokok di dalam bus. Sementara Muhammad Najib (31), warga Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen menyampaikan keluhan lain. Yaitu masalah waktu tunggu serta ada bus yang tak berhenti di shalter. “Minggu (23/12) saya sempat menunggu lama kedatangan BRT yang menuju Penggaron di shelter depan RSUD Tugurejo (Kecamatan Tugu). Tapi begitu BRT-nya datang, malah tak berhenti. Padahal saya sudah ada di dekat pintu,” kata Muhammad Najib. Najib menuturkan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Akibat sopir tidak mau berhenti, ia terpaksa menunggu lebih lama untuk naik bus berikutnya. Dia menyatakan sangat menyesalkan sikap sopir tersebut. Karena sesuai aturan, seharusnya di setiap shelter BRT berhenti. Khususnya ketika ada orang yang sedang menunggu di dalam shelter. Padahal waktu tunggu normal kedatangan bus di shelter juga termasuk sudah cukup lama yaitu sekitar 10 menit. “Saya meminta ada tindakan tegas dari Pemkot Semarang khususnya dinas terkait terhadap perilaku sopir BRT yang seperti itu. Ketika saya stop bus itu malah melaju kencang menyalip sejumlah kendaraan yang ada ada di depannya,” tegas Najib. Sebelumnya, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Semarang telah menyatakan akan bersikap tegas terhadap sopir yang merokok atau tidak bekerja dengan baik. Dishubkominfo akan memberhentikan driver atau pengemudi BRT yang ketahuan merokok saat bekerja. “Kami terus berupaya memaksimalkan pelayanan BRT. Kami siap memberhentikan driver yang kedapatan merokok saat mengemudi dan mengantarkan penumpang,” kata Kepala Dishubkominfo Kota, Ednawan Haryono beberapa waktu lalu. Ednawan mengatakan, tindakan tegas itu akan dilakukan karena pihaknya memang sudah menerima banyak laporan adanya driver yang merokok saat bekerja. Merokok ini dilarang keras karena BRT merupakan bus ber-AC dan banyak orang di dalamnya.

(H71,H35/SMNetwork/sae)

Dewan Pembina: Arif Mudzakir, Nugroho PS, Bambang EP, Holy Redaktur Pelaksana: Arief Firhanusa. Sekretaris Redaksi: Hasto Ariono Redaktur: Udin Saeroji, Panji Joko Satrio, Teguh Argari Bisono, Tri Wuryono, Djaka Saptana, Yuli Ambarwati Reporter: Abdul Mughis, Ariel Noviandri, Aris Wasita Widiastuti, Hery Priyono, Lissa Febrina, Wara Merdekawati Koresponden: Nino Adi Sumarto (Ungaran), Sukma Wijaya (Demak), Heru Santoso (Salatiga), Tri Sanyoto (Kendal) Fotografer: Cun Cahya, Indra Prabawa Penerbit: PT Semesta Media Pratama

Pendiri

: H. Suwanto Kukrit Suryo Wicaksono

Keuangan: Dwi Arum Dhati (Manajer), Mulyo Subekti Distribusi & Sirkulasi: Masguntoro Unit Bisnis: Hendra Yoyok, Dwi Uncle, Setio Utomo Manajer HRD/Legal: Nico ABS, Viddy Yusafiadi Administrasi Iklan dan Sirkulasi: Septiyarini Aksari, Desti Jadmikawati IT: Budiyanto. Produksi: Muhammad Fatoni, Yogi Tristanto

Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan Wakil Pemimpin Perusahaan/Manager Bisnis Pemimpim Redaksi/Penanggung Jawab Direktur Bisnis Direktur Pemasaran

: : : : :

Alamat Redaksi, Pemasaran dan Iklan: Jl. KH Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Floor 1-3 Semarang Telepon: 024-3512771, 3518359 Faks: 024-3516531 E-mail Redaksi: redaksi_harsem@suaramerdeka.com Iklan: iklan_harsem@suaramerdeka.com Pemasaran: pemasaran_harsem@suaramerdeka.com Website: www.koranhariansemarang.com

Andy Suwanto Sigid Purnomo Dwi Arum Dhati Agus Widyanto Bambang Chadar

Harga berlangganan Rp 25.000 per bulan, Percetakan: PT Aneka Ilmu. Isi di luar tanggung jawab percetakan


Rabu, 26 Desember 2012

L akone Yuni Supardi

Kader Pantang Keder BULUSTALAN-Karena Lurah Bulustalan seorang perempuan, jabatan Ketua TP PKK diisi kader dari warga. Seperti halnya Yuni Supardi, yang saat ini mengisi jabatan ketua. Yuni mengaku, dirinya menjabat ketua semenjak lurahnya perempuan. Perempuan berjilbab ini menyanggupi karena dipilih oleh warga dan kader lainnya. “Biasanya yang menjadi ketua PKK kelurahan adalah istri lurah. Karena lurahnya perempuan jadi ketuanya dari warga,” katanya. Yuni menuturkan, dia sudah lama berkecimpung dalam kegiatan PKK. Sejak menikah langsung bergabung di PKK dan menjadi kader. “Setelah menikah langsung ikut PKK sampai sekarang. Bisa dibilang saksi hidup keluar masuknya kader,” ungkapnya. Ingin hidupnya bermanfaat, itulah yang menjadikannya dia dorongan untuk menjadi kader PKK. Apalagi tidak semua orang mau dan mampu menjadi kader. “Banyak hal yang saya pelajari selama menjadi kader. Pengetahuan ini saya bagikan untuk anggota. Agar mereka dapat mandiri dan menyejahterakan keluarganya,” lanjutnya. Yuni pun merasa prihatin wilayahnya kini krisis kader. Pasalnya, tidak semua anggota mau menjadi kader. Padahal kader memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi PKK, memang kader itu kerja sosial namun merupakan tugas yang mulia. “Jadi kader rangkap kerjanya. Tetapi kami selalu berusaha untuk mengajak anggota menjadi kader. Agar para kader tidak keder,” harapnya. (wam/nji)

HARSEM/WARA MERDEKAWATI

Telepon Penting Kantor Polisi

110 113, 7607076, 7605871, 7616867

Ambulance

118

Polda Jateng

(024) 8449681, 8311382, 8449683

Polrestabes Semarang

(024) 844-4444

Polsek Semarang Barat

(024) 760-4153

Polsek Semarang Utara

(024) 354-5162

Polsek Semarang Tengah

(024) 354-5175

Polsek Semarang Selatan

(024) 831 5123

Polsek Genuk

(024) 658-1470

Polsek Tugu

(024) 760-4166

Polsek Ngaliyan

(024) 7617969

Polsek KPPP

(024) 354-5193

Polsek Banyumanik

(024) 7461314

Polsek Tembalang

(024) 7076-6983

Polsek Mijen

(024) 571566

Polsek Gunungpati

(024) 6932110

Polsek Pedurungan

(024) 671-0863

Polsek Gayamsari

(024) 6716191

Polsek Gajahmungkur

(024) 831-5123

RSUP Dr Kariadi

(024) 841-3476

RSI Sultan Agung

(024) 6580019

RS Bhayangkara

(024) 672-0675

RS Pantiwilasa Jl. Dr. Cipto

(024) 356-7128

RS Pantiwilasa Citarum

(024) 354-2224

RS Roemani Semarang

(024) 844-4623

RS Tlogorejo

(024) 844-6000

Stasiun KA Tawang

(024) 3544544

PMI Semarang

(024) 3541237

SAR Kota Semarang

(024) 3580027

Pengaduan & Informasi PLN

Korupsi di Indonesia kian memperihatinkan. Hingga saat ini, sedikinya 158 bupati, 17 gubernur, dan 24 anggoa DPR menjadi tersangka korupsi. MUI memberi usulan solusi berupa penerapan Piagam Madinah.

K

ETUA Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji mengaku juga prihatin dengan kasus korupsi yang semakin menggurita. ‘’Carut marut kondisi bangsa ini telah menjadi sarapan kita sehari-hari. Krisis sosial dan moral menjadi pakaian,’’ katanya. Pernyataan itu diungkapkannya saat membuka Sarasehan Membangun Masyarakat Madani di Indonesia Kontemporer, di Hotel Semesta Jl Wahid Hasyim, kemarin. Tampil sebagai pembicara, Ketua PBNU Masdar Farid Mas’udi, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin, Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas, Dekan Fakultas Ekonomi Undip HM Nasir, dan dosen STAIN Kudus Wahiburrahman. Dalam paparannya, Masdar menilai, perjalanan peradaban telah mengubah dan memengaruhi segala elemen kehidupan. Rusaknya moral, sosial dipengaruhi karena faktor keagamaan. Bangsa Indonesia kemudian menyepakati suatu perjanjian bersama sejiwa dengan Piagam Madinah dalam traktat konstitusi UUN 1945 sebagai landasan moral-filosofis dan etik-normatif. ‘’Pada golongan ateis pasif bahkan, Tuhan sepertinya tidak lagi dianggap penting, disangkal, bahkan diabaikan. Padahal, agama memiliki daya tahan dalam memengaruhi kehidupan seseorang,’’ katanya.

HARSEM/MUHAMMAD SYUKRON-SM NETWORK

Masdar Farid Mas’udi (eiri) memaparkan penerapan Piagam Madinah yang sejalan dengan Pancasila, dalam sarasehan MUI Jateng di Hotel Semesta, kemarin. Masdar juga menegaskan Pancasila maupun UUD 1945 senafas dengan Piagam Madinah. UUD 1945 sebagai dasar dan Pancasila sebagai ghayah (tujuan akhir) bersama dalam bernegara. Sementara menurut Din Syamsudin, menyatakan Piagam Madinah dapat ditempatkan sebagai wadah sebuah aliran, tempat peradaban dan menjadi hardware sementara umat sebagai software. ‘’Sekarang yang terjadi justru demokratisasi yang

Melahirkan saat Hari Ibu, Dapat Diskon

Telepon

Dinas Kebakaran

Berantas Korupsi, MUI Tawarkan Piagam Madinah

DUA ibu yang telah melahirkan di Rumah Sakit (RS) Sultan Agung Semarang diberi bingkisan berupa barang pecah belah oleh pihak menajamen. Sebagai peringatan Hari Ibu, manajemen juga memberikan diskon sebanyak lima persen untuk penebusan obat dan pemeriksaan di setiap poliklinik yang ada di rumah sakit. Anggota bagian pemasaran dan hubungan masyarakat berpakaian kebaya mencegat ibu yang berobat ke rumah sakit. Gulungan kalender diberikan kepada ibu-ibu tersebut. Direktur Pendidikan dan Penunjang Medis RS Sultan Agung, dr Nur Anna C Sa’diyah Sp PD, mengatakan diskon diberikan kepada 22 pendaftar perempuan pertama di seluruh poliklinik. Selain itu, saat menebus obat biayanya juga dapat diskon. “Pendaftaran gratis dan jasa rumah sakit gratis. Jadi hanya dibebani biaya dokternya saja

(024) 7608735

Pelayanan PDAM

(024) 8315514

No Telepon

Nama

HARSEM/ZAKKI AMALI-SM NETWORK

di poliklinik,” ujar Anna, barubaru ini. Dua ibu melahirkan di Ruang Baitunnisa diberi bingkisan sebagai semangat agar terus menjaga anaknya. Pasalnya proses pendidikan dan perawatan anak harus

disertai kasih dan sayang serta kesabaran. “Kami peduli dengan ibu melahirkan, sebab perlu diperhatikan agar tidak timbul kematian ibu atau anak saat proses persalinan,” ujar Anna.

(H74-SM Network/nji )

670-1234

Puri Kencana

670-5050

Centris

672-3772

Satria

746-2555

Kosti

761-3333

Surabaya

831-3131

New Atlas

659-1717

HARSEM/WARA MERDEKAWATI

Koordinator BKM Sri Sudarsono menyerahkan bantuan alat presto kepada Lurah Bambankerep Titik Suharni.

BAMBANKEREP-Untuk meningkatkan kemampuan warga miskin di Kelurahan Bambankerep Kecamatan Ngaliyan, BKM Bina Sejahtera menggelar pelatihan pembuatan bandeng presto, Minggu. Pelatihan yang diadakan di RT 07 RW 03 ini diikuti 15 peserta yang tergabung dalam 3 kelompok swadaya masyarakat (KSM). Koordinator BKM Bina Sejahtera Sri Sudarsono mengatakan, pelatihan merupakan program BKM dalam memberdayakan warga untuk mengentaskan kemiskinan. “Usaha bandeng presto diharapkan bisa menyejahterakan warga. Pelatihan ini bisa dijadikan bekal berwiraswasta,” katanya. Dikatakan, BKM mengalokasikan dana 12,5 juta untuk 3 KSM. Tidak hanya pelatihan, tetapi juga pemberian pearalatan pendukung. Di antaranya, alat presto, kompor, dan tampah. “Tidak hanya pelatihan yang kami berikan, tetapi juga bantuan peralatan dan permodalan,” ungkapnya.

Sebelumnya, sebagai upaya pengentasan kemiskinan sudah dilaksanakan pelatihan komputer, perbengkelan. Pelatihan ini bisa memberdayakan warga sejak tahun 2007. “Diharapkan melalui pelatihan ini bisa mandiri, terutama tingkat penghasilan warga yang kurang mampu. Dari pelatihan ini bisa menekan angka kemiskinan,” terangnya. Sri Sulastri (36) warga RT 03 RW 05 mengaku, memang ingin mengikuti pelatihan karena sebelumnya belum pernah membuat bandeng presto. “Ingin meningkatkan usaha,” ungkap Sri yang kesehariannya menjual tahu. Sementara Lurah Bambankerep Titik Suharni berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi masyarakat Bambankerep untuk berkarya meningkatkan ekonominya. “Agar bisa dimanfaatkan dan dikembangkan warga. Mungkin nantinya bisa menjadi produk unggulan Bambankerep,” ujarnya.

(wam/nji)

Jadwal Penerbangan dari Semarang Nama

Jam

Keberangkatan

Kal Star

15.30

Pangkalanbun

Trigana

12.20

Pangkalanbun

06.00 06.15, 09.35, 11.50

Denpasar Surabaya

Wings Air

Nama

kerupuk gendar memang terasa lebih nikmat. Kenikmatan menyantap pencel semakin bertambah karena penyajiannya tidak dengan piring atau mangkuk, melainkan pincuk (daun pisang). Harga pecel Mbok Sador, sangat terjangkau bagi semua kalangan cukup Rp 5.000 per porsi. Menyambut pergantian tahun, pecel Mbok Sador bisa jadi pilihan. Lokasinya di pusat kuliner malam Kawasan Simpanglima Semarang. Tepatnya di ujung utara Jalan Pahlawan, di seberang Ace Hardware. Tempatnya yang nyaman, rapi, sejuk, namun terkesan sederhana. Apalagi sembari makan pecel juga dapat menikmati suasana malam hari Simpanglima, ikon Kota Semarang. (ant/nji)

Agar Sejahtera, Warga Dilatih Bandeng Presto

No Telepon

Blue Bird

BEBERAPA daerah memiliki pecel dengan khasnya masingmasing. Begitu juga di Kota Semarang, salah satunya pecel Mbok Sador. Di sini tersedia menu pecel dengan berbagai lauk pelengkapnya yang menambah selera makan. Seperti sate telur puyuh, martabak,telur, perkedel, daging, kerupuk, tahu, tempe, berbagai jeroan dan yang paling khas sate keong. Begitu juga dengan sayurannya, sangat komplit. Mulai dari daun singkong, daun pepaya, kenikir, bayam, kacang panjang, dan tauge yang disiram saus kacang dengan racikan bumbu yang pas. Perpaduan antara rasa bumbu kacang yang pedas dengan berbagai sayuran yang segar ditambah pula dengan kerupuk khas ala Semarang yaitu

Dokter Nur Anna C Sa’diyah memberikan bingkisan kepada ibu melahirkan di Ruang Baitunnisa RS Sultan Agung Semarang, barubaru ini.

Taksi Nama

Kuliner Tahun Baru

Segarnya Pecel Mbok Sador

(024) 290123, 3547651, 3547655

Bandara A Yani Semarang

belum berkualitas tapi kebablasan. Pemilu misalnya, menjadi pemicu korupsi. Karena pemilu di Indonesia high cost. Sehingga, setiap anggota DPR atau pimpinan daerah yang terpilih, akan berusaha modal. Uang menjadi yang maha kuasa,’’ paparnya. Bahkan, imbuh Din Syamsudin, fatwa para ulama pun selama ini yang diikuti hanya fatwa yang berkaitan dengan makanan. Fatwa politik atau ekonomi tidak pernah didengar atau dianut. (H84-SM Netwotrk/nji)

Jam

Keberangkatan

Merpati

11.00 15.20

Sampit Bandung

Sriwijaya Air

06.20, 11.20, 18.20 14.50 08.40

Jakarta Banjarmasin Surabaya

Nama Garuda Indonesia

Lion Air

Reservasi Jam

Keberangkatan

Nama

06.00, 07.40, 09.35 11.20, 13.10, 14.55 16.20, 17.20, 18.50

Jakarta Jakarta Jakarta

Batavia Air

05.40, 08.00, 11.40 13.00, 15.20, 16.50 18.10, 19.50

Jakarta Jakarta Jakarta

Air Asia

Jam

Keberangkatan

12.05 18.05

Singapura Jakarta

07.10, 14.40 17.10

Jakarta Kuala Lumpur

Nama Batavia Air Garuda Kal Star Mandala Merpati Sriwijaya Air

Telepon 354-9888 845-4737 760-3368 844-4737 845-5000 841-3777


Rabu, 26 Desember 2012

Proyek PNPM Rp 1,25 M Diresmikan UNGARAN-Bupati Semarang Mundjirin memperingatkan rekanan yang terlambat menyelesaikan pekerjaan. Mereka akan diputus kontraknya. Dia menyebut, beberapa proyek fisik yang terlambat di antaranya di Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan lainnya. “Rekanan tersebut diperingatkan terlebih dahulu. Jika tiga kali tidak bisa menyelesaikan, terpaksa putus kontrak,” katanya usai usai meresmikan proyek Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kecamatan Tengaran di Balai Desa Bener, Sabtu (22/12). Menurut Mundjirin, sesuai peraturan, rekanan yang terlambat menyelesaikan proyek diberi perpanjangan waktu 50 hari. Jika ternyata masih belum selesai maka diputus kontrak. “Hingga saat ini di Kabupaten Semarang belum ada rekanan yang diputus kontrak. Sejauh Masih sebatas peringatan dan semoga bisa menyelasaikan sesuai kesepakatan,” katanya. Meski begitu, lanjut Bupati, sejumlah rekanan dikenai denda karena proyek yang dikerjakan tidak selesai tepat waktu. Ada yang kena hingga Rp 90 juta. Peresmian dihadiri Camat Arif Budiyanto, Kades Bener H Saefudin dan undangan lainnya. Proyek PNPM 2012 yang diresmikan senilai Rp 1,25 miliar. Menurut laporan Ketua Unit Pelaksana Kegiatan PNPM Kecamatan setempat, dana digunakan untuk pembangunan infrastruktur di 10 desa. Di antaranya jalan rabat beton, pembangunan jaringan air bersih, gedung PAUD, talut, pelatihan penjahit dan komputer. (H32, J21-SM Network/nji)

HARSEM/MOCH KUNDORI-SM NETWORK

Mundjirin (ketiga dari kiri) meninjau PNPM di Desa Bener Kecamatan Tengaran, Sabtu (22/12).

Tahun Baruan Kampoeng Rawa

UNGARAN-ODART Community akan mengadakan pameran lukisan kontemporer dan bursa motor antik di objek wisata Kampoeng Rawa. Ketua panitia, dokter Anis Supriyadi mengatakan, kegiatan dalam rangka mendukung Visit Jateng 2013. “Lukisan merupakan karya belasan pelukis beraliran kontemporer dari Kabupaten Semarang, Bali, Surabaya, dan Salatiga, serta daerah lain,’’ kata Anis, kemarin. Menurut dia, event terselenggara berkat kerja sama dengan Koperasi Pariwisata Kampoeng Rawa. Pembukaan akan dimeriahkan fashion show. ‘’Kami juga akan melelang karya-karya foto tersebut saat pembukaan acara,’’ tegas Anis, mantan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Semarang. Kegiatan akan dibuka Bupati Semarang dokter Mundjirin. Terkait bursa motor antik, dia mengatakan, acara digelar Sabtu (29/12). Selama sehari, akan digelar live music di Kampoeng Rawa. Ketua Koperasi Pariwisata Kampoeng Rawa, Agus Sumarno, mengatakan, pada 31 Desember akan digelar hiburan musik dan pesta kembang api. (H14-SM Network/nji)

Reuni Becike Seduluran Saklawase SALATIGA-Keluarga Besar Becike Seduluran Saklawase (BSS) Argomulyo Salatiga mengadakan acara reuni atau kangenkangenan di rumah ketuanya H Sutrisno Supriyantoro Cebogan Salatiga, Sabtu malam (22/12). Acara diadiri sekitar 500 orang. Ketua BSS Salatiga Sutrisno Supriyantoro mengatakan, sudah lebih dari 6.000 anggota sejak berdiri tahun 1999 atau setelah Indonesia mengalamai reformasi. “BSS dibentuk untuk menyatukan persepsi dan visi kaum muda khususnya dari Kecamatan Argomulyo dalam mewujudkan program pembangunan Kota Salatiga. BSS mendapat dukungan dari semua pihak,” katanya didamping istrinya Eny Tri Yuliastuti yang juga anggota DPRD Salatiga. Dikatakan, anggota BSS dari berbagai profesi. Ada pengacara, pedagang, petani dan tokoh masyarakat lainnya. Walau usianya sudah 13 tahun, ternyata tetap eksis. Buktinya ketika ada acara kangen-kangenan, perwakilan mereka datang.

(H32-SM Network/nji)

Renang di Water Park Bandungan

Balita Tewas Tenggelam UNGARAN-Niat berwisata justru berakhir dengan duka. Inilah yang dialami Krisna (6), warga Kudus. Balita malang itu tenggelam saat berenang di kolam renang Taman Wisata dan Resort Keluarga New Bandungan Indah Water Park, Senin (24/12).

B

ELUM jelas bagaimana kronologi tenggelamnya bocah warga Desa Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus itu. Satpam kolam renang, Susilo (35 mengaku pimpinan sedang sibuk rapat sehingga tak bisa diwawancarai. Sedangkan Kapolres Semarang AKBP Augustinus Berlianto Pangaribuan melalui Kapolsek Bandungan, Iptu Rizeth saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Namun tak menjelaskan kronologi kejadian secara detail. Berdasar informasi yang dihimpun, musibah terjadi pada Senin sore. Saat itu korban berenang bersama keluarganya. Entah bagaimana kronologinya, korban ditemukan tewas tenggelam di salah satu kolam. Keluarga korban tak bisa diwawancarai karena langsung membawa pulang jenazah anaknya ke Kudus. Sepi Pengunjung Susilo, satpam mengatakan saat

Di taman wisata inilah Krisna (5) tewas tenggelam saat mengisi liburan Natal dan Tahun baru. HARSEM/DOK

kejadian kolam renang sudah sepi pengunjung. Sebagian besar pengunjung sudah pulang karena waktu sudah seore, sekitar setengan lima petang. Saat kejadian, korban sempat dilarikan ke klinik sekitar lokasi sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit Bina Kasih Ambarawa. “Keadaan kolam renang saat kejadian sepi. Korban meninggal karena

tenggelam di dalam kolam,” katanya, Selasa (25/12) siang. Kapolsek Bandungan, Iptu Rizeth mengatakan setelah memeriksa kondisi korban dan melakukan olah TKP pihaknya memastikan korban tewas akibat murni kecelakaan. “Kesimpulan sementara, meninggalnya bocah di kolam renang dikarenakan kurangnya pengawasan

Banser dan HMI Amankan Natal SALATIGA-Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdatul Ulama (NU) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Salatiga terlibat dalam pengamanan Natal. Tak kurang 25 personel Banser dan 10 mahasiswa HMI turut berjagajaga di Lapangan Pancasila. Kapolres Salatiga AKBP Dwi Tunggal Jaladri melalui Kabag Operasi Kompol Sutarto menjelaskan, kehadiran pengaman dari banser dan HMI ini merupakan inisiatif mereka setelah pertemuan lintas sektoral pengamanan Natal dan tahun baru beberapa hari menjelang Natal di balai kota. “Kami menyambut positif kehadiran pengamanan di luar Polri. Ini menunjukkan partisipasi eleman masyarakat untuk menciptakan Salatiga yang aman dan kondusif,” kata Sutarto. Menurut Sutarto, Salatiga dikenal sebagai kota yang kondusif. Ini ditunjukkan dengan keterlibatan unsur Banser dan HMI dalam mengamankan Natal. Terkait pengaman, Polres telah melakukan langkah preventif. Sehari sebelum

hari H, Kapolres dan Sekda Salatiga melakukan penyisiran terhadap gereja. Tim Gegana Polda Jateng juga melakukan penyisiran. “Tidak ditemukan benda membahayakan,” katanya. Sutarto menyebut, dalam pengamanan di Lapangan Pancasila, polisi menerjukan 125 personel. Personel lainnya dari unsur TNI 16 personel, Dishub (8), HMI (10), dan Banser (25). Polres juga

mendirikan pos pengamanan gereja sebanyak tiga pos dan satu pos pelayanan. “Kami juga merazia kendaraan yang masuk Salatiga untuk mengantisipasi bom dan benda membahayakan lainnya. Tidak ada benda berbahaya yang kami temukan, kami mengamankan empat mobil yang tidak diserta surat-surat,” katanya.

(H32, J21- SM Network/nji)

HARSEM/MOCH KUNDORI-SM NETWORK

Kapolres AKBP Dwi Tunggal Jaladri menyisir Gereja Santo Paulus Miki, Salatiga, Senin (24/12).

Pemakaman Brimob Korban Penembakan

Keluarga Brigadir Anumerta Eko Wijaya Sumarno melakukan tabur bunga, Senin (25/12).

HARSEM/RANIN AGUNG-SM NETWORK

Bertugas di Daerah Konflik, Perlu Bekal Data UNGARAN-Semua kalangan merasa resah atas gerakan terduga teroris yang terjadi di Poso. Untuk itu diperlukan kewaspadaan tinggi saat bertugas di daerah konflik. Demikian dikatakan Bripka Wonidi (51), ayah kandung Briptu Eko Wijaya Sumarno (26) di sela-sela pemakaman, Senin (24/12). Kewaspadaan tersebut, lanjutnya, perlu didukung data yang akurat seputar daerah yang akan dituju. Jika data acuan sudah lengkap dan akurat, jumlah korban baik aparat maupun warga sipil bisa ditekan. Pihak keluarga berharap, pemerintah melakukan langkah cepat dan tepat menumpas jaringan terduga teroris agar negara aman dari ancaman teror. “Belajar dari kasus anak kami, saya berharap pemerintah segera menumpas jaringan terduga teroris agar tidak semakin merajalela,” tegas Bripka Wonidi. Dikenal Penurut Di mata keluarga, Eko dikenal

orangtua. Kasus ini masih dalam penanganan kami, sejumlah saksi telah dimintai keterangan,” jawab Kapolsek singkat, tanpa merinci detail siapa nama orang tua korban. Usai menjalani pemeriksaan medis dan petugas kepolisian, jasad korban langsung dibawa pulang keluarga ke Kudus untuk dimakamkan.

(H86-SM Network/nji)

Izin Kodam Belum Turun

Pedagang Kain Pindah ke Jalan Baru UNGARAN- Ratusan pedagang kain korban kebakaran Pasar Projo Ambarawa memilih menempati Jalan Baru. Pasalnya, izin penempatan lahan eks-CPM Ambarawa belum turun. Pernyataan tersebut dikatakan perwakilan Paguyuban Pedagang Kain Asah Asih Asuh Rahayu (A3R), M Nasirin saat dihubungi wartawan, Selasa (25/12). Menurut dia, pedagang tidak bisa menunggu lama karena harus menjual kain agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga. “Izin dari Kodam IV/Diponegoro belum bisa diketahui kapan akan turun. Seminggu ini kami tidak berjualan. Paguyuban sepakat tidak lagi menggunakan lahan eks-CPM dan beralih menggunakan Jalan Baru belakang Pasar Projo,” kata M Nasirin. Selain untuk memenuhi kebutuhan seharihari, lanjutnya, pedagang kini juga dikejar waktu pengembalian pinjaman modal kepada bank. “Kami harus membayar angsuran kepada bank. Jika terlalu lama menganggur kami khawatir tidak bisa membayar pinjaman termasuk bunganya,” lanjutnya. Dijelaskan, sejumlah pedagang kini mulai membangun lapak di jalan baru menggunakan alokasi anggaran pribadi. Agar tidak memberatkan, pedagang berinisiatif mempergunakan sebagian bahan bongkaran kios yang sebelumnya berada di Jalan Jenderal Sudirman Ambarawa. “Kami meminta Pemkab Semarang membantu pedagang dengan melakukan pendampingan perizinan ke Kodam IV/Diponegoro,” jelasnya. Seperti diberitakan sebelumnya, Pangdam IV/ Diponegoro, Mayjen TNI Hardiono Saroso berharap pedagang bersabar menunggu pengurusan izin. Menurut Pangdam, belajar dari kasus Pasar Kembang Sari, pihaknya perlu mengatur kesepakatan antara pedagang dengan Pemkab Semarang dan dengan Kodam. “Kami meminta pedagang bersabar menunggu izin selesai dimusyawarahkan. Semuanya harus melalui prosedur termasuk pembuatan nota kesepahaman,” kata Pangdam. (H86-SM Network/nji)

sebagai sosok pendiam dan menurut. Sejak kecil mendiang dekat dan tinggal serumah dengan kakek serta neneknya di Lingkungan Panjang Kidul RT 2 RW 1 Nomor 8, Ambarawa atau tepat di belakang Polsek Ambarawa. Sedangkan, ayah dan ibunya tinggal di asrama Polisi Polsek Ambarawa mengingat Bripka Wonidi sampai saai ini masih tercatat sebagai anggota aktif intel polsek tersebut. Inspektur Upacara, Kaden Gegana Sat Brimob Polda Jateng, AKBP Agus Pujianto dalam Apel Persada menyebutkan, karena gugur saat menjalankan tugas, pangkat Briptu Eko Wijaya Sumarno dinaikkan satu tingkat oleh negara dalam hal ini Kepolisian RI menjadi Brigadir Anumerta. Dijelaskan lebih lanjut, almarhum gugur setelah terlibat kontak senjata saat melaksanakan tugas patroli di Jalan Trans Sulawesi Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Berdasarkan data, ketika bertugas di Poso, anggota Bintara Subden I

Datasemen B Pelopor Sat Brimob Polda Sulawesi Tengah tersebut pernah menjalankan sejumlah penugasan operasi. Meliputi, Operasi Sintowo Maroso Poso 2006, Operasi Lekam Sogili Poso 2007, Operasi Lekam Sadar Maleo I-VI 2010 hingga 2012. “Semoga darma baktinya menjadi teladan bagi kita dan mendapat tempat di alam baka,”tandas AKBP Agus Pujianto. Seperti diberitakan sebelumnya, Kamis (20/12) siang terjadi baku tembak antara patroli Brimob dengan warga sipil di Desa Ambrana, Poso Pesisir dan sekitar Gunung Kalora, Sulawesi Tengah. Tiga personil Brimob Polda Sulawesi Tengah gugur. Di antaranya, Briptu Wayan Putu Ariawan, Briptu Winarto, Briptu Ruslan. Sementara Briptu Eko Wijaya Sumarno, Briptu Lungguh Anggara, dan Briptu Siswandi mengalami luka tembak. Ketiganya terluka pada bagian perut, dada, dagu, dan tangan.

(H86-SM Network/nji)


Rabu, 26 Desember 2012

Babinsa Dituntut Berdayakan Wilayah KENDAL - Seorang bintara pembina desa (Babinsa) selaku pembina kewilayahan, tidak terbatas pada upaya melaksanakan tugas membina desa. Mereka juga dituntut mampu membina teritorial dan memberdayakan wilayah untuk kepentingan pertahanan. Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Tyas Koesharjadi menyampaikan hal itu dalam upacara pembukaan Apel Babinsa Jajaran Kodim 0715/ Kendal di lapangan Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo, belum lama ini. Kegiatan yang diikuti 250 babinsa mengambil tema “Melalui Apel Danramil dan Babinsa Tersebar Tahun Anggaran 2012 Kita Samakan Sikap, Pola Pikir, dan Pola Tindak Aparat Kowil dalam rangka Mendukung Tugas Pokok TNI-AD Serta Terwujudnya Kemanunggalan TNI-Rakyat”. Apel tersebut juga dihadiri Kasrem 073/MKT Letkol Inf Sugeng Priyanto dan anggota Muspika Sukorejo. “Untuk meningkatkan

kemampuan babinsa perlu dilaksanakan pembinaan teritorial yang profesional dan bertanggung jawab, sehingga bisa memuwujudkan babinsa yang tangguh,” ungkap Tyas. Dia menyatakan, guna membentuk babinsa yang tangguh, harus didasari dengan sikap teritorial dan implementasi kegiatannya. Implementasi kegiatan yang dimaksud, melaksanakan komunikasi sosial, silaturahim, dan ikut serta mengatasi dan menyelesaikan suatu persoalan yang muncul di wilayah kerjanya. ‘’Babinsa harus bersinergi dengan Polri dan Pemda di daerahnya. Dengan begitu, keberadaannya akan selalu dicintai dan didambakan masyarakat,’’ kata dia. Pada kesempatan itu juga dilakukan penanaman 500 bibit sengon bantuan dari Perum Perhutani KPH Kendal di kawasan hutan Desa Purwosari dan pemberian bantuan sembako dan perlengkapan sekolah kepada warga kurang mampu. (H36/SMNetwork/tab)

HARSEM/SMNETWORK/ROSYID RIDHO

Kodim 0715/Kendal belum lama ini menggelar apel babinsa di lapangan Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal

Jenazah TKW Terkatung-katung, Keluarga Bingung DEMAK- Keluarga TKW Suparminah lelah menunggu kepulangan jenazah dari Arab yang sampai kini belum ada kejelasan.

S

EjAK 15 November 2012, Suparminah (33) binti Sukiman Karjo, TKW asal Dukuh Dasun RT 05/RW 02, Temuroso, Guntur, Demak, dikabarkan telah meninggal di Arab Saudi. Sejak itu, keluarga TKW tersebut lelah menunggu kepulangan jenazah yang belum ada kejelasan. Sempat Suyanto (34) mencari kejelasan kepulangan jasad istrinya. Sang majikan Said bin Ali bin Muhammed Almkhalbh, warga Najran Arab Saudi, menelepon Suyanto, akan mengurus segala biaya pemulangan jenazah. “Dan saya diminta menghubungi sponsor dan PT yang memberangkatkan istri saya,” ungkapnya. Namun, PT Zam Zam Purwita di Jalan Tebet Barat Dalam VI/36, Jakara Barat, yang memberangkatkan Suparminah justru tak tahu menahu. Tapi mereka berjanji akan mengupayakan kepulangan jenazah. Kemarin pagi, keluarga besar Suparminah berkumpul di rumah duka. Mereka bertahlil, dan berdoa agar jenazah bisa lekaslekas bisa dipulangkan. Di tengah tahlilan, sesekali pihak keluarga menenangkan suami almarhumah yang tampak terus sedih seraya memangku anak tunggalnya, M Rizki Faulan Arianto (7). Informasi meninggalnya sang istri diterima langsung dari pihak majikan, Said bin Ali. Suparminah meninggal setelah mengalami koma sejak 31 Oktober 2012 karena mengalami kecelakaan mobil di Kota Najran. Melalui penerjemah, Suyanto meminta sang majikan untuk memulangkan jenazah istrinya. Karena keterbatasan aturan, majikan itu hanya berjanji akan membiayai seluruh ongkos kepulangan. Hanya saja,

Mulai 2013, PBB Dikelola Pemda

HARSEM/SUKMAWIJAYA

majikannya meminta ada pihak PT yang mengurus administrasi. Bagi Suyanto, istrinya merupakan tulang punggung keluarga. Sebagai kuli bangunan, Suyanto kadang menganggur. Istrinya selalu mengirim uang untuk kebutuhan makan dan memperbaiki rumah. Sejak keberangkatan 14 April 211 lalu, almarhumah sering berkirim uang. Pertama gajinya selama 7 bulan Rp 13,5 juta dikirimkan ke Indonesia. Selang lima bulan kirim Rp 9,5 juta. Saat Suparminah telah meninggal, majikannya sempat mentransfer Rp 12 juta untuk keluarganya.

Tim Advokasi SPI (Serikat Pekerja Independen) Jayus Kholil berjanji akan mendampingi keluarga untuk meminta hak-hak almarhumah. “Sekaligus memohonkan untuk kepulangan jenazah almahumah,” ungkapnya saat mendampingi keluarga duka, kemarin. Terpisah, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Demak Agus Nugroho LP meminta pihak keluarga untuk mengirimkan seluruh berkas administrasi dan surat-surat identitas Suparminah. “Bila data sudah komplet akan kami kirimkan ke pemerintah provinsi yang dilanjutkan ke pemerintah pusat,” ujarnya. (swi/rif)

Malam Natal Aman Forkompinda Tinjau Gereja

Kepala KPP Pratama Demak Aan Almaidah Anwar (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Camat Guntur Muhammad Syahrie atas prestasi sebagai kecamatan dengan pelunasan PBB tercepat 2012 HARSEM/SMNETWORK

pegawai pemda telah siap melayani masyarakat. ‘’Selama magang, mereka dibekali berbagai macam ilmu PBB, di antaranya pendataan, penilaian, pencetakan peta, pemprosesan pelayanan PBB, dan lain-lain. Tak hanya ilmu yang diberikan, mereka juga diberi kesempatan untuk mempraktikkannya, misalnya dengan melayani masyarakat yang mengajukan pelayanan PBB, dengan didampingi oleh pegawai KPP

Pratama Demak,’’ kata Sekar. Tantangan ke depan adalah peningkatan baik kualitas ataupun kuantitas SDM dalam menangani pelayanan PBB serta pengembangan aplikasi peta digital. ‘’Kami berharap, tantangan tersebut dapat diatasi oleh Pemda dengan lancar dan tentunya hal ini harus didukung dengan kesediaan dari masyarakat untuk mau bekerja sama dengan membayar PBB tepat waktu,’’ tandas Sekar. (H69/SMNetwork/tab)

KENDAL - Perayaan malam Natal 2012 di Kabupaten Kendal berjalan aman. Tidak terjadi gangguan keamanan yang berarti. Arus lalu lintas pada malam Natal cukup lancar meski terdapat peningkatan jumlah kendaraan. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang terdiri atas Bupati Widya Kandi Susanti, Kapolres AKBP Asep Jenal Ahmadi, dan Dandim Letkol Inf Tyas Koesharjadi, Senin (24/12) malam, melakukan pemantauan sejumlah gereja. Pemantauan tersebut diikuti sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Selain memantau gereja, rombongan juga memantau tujuh pos pengamanan (pospam) yang tersebar di jalur pantura. Pada kesempatan itu, Bupati Widya Kandi memberikan bingkisan terhadap petugas yang berjaga di posko. Namun, sayangnya, pospam tersebut tidak dilengkapi dengan obatobatan. Bahkan di pospam di depan alun-alun Kendal, peralatan kesehatan dan obat-obatan juga tidak nampak, padahal pos ini merupakan pos inti. Kapolres Kendal AKBP Asep Jenal Ahmadi mengatakan, hasil pemantauan pada malam Natal kemarin, tidak terdapat gangguan keamanan. Demikian pula dengan

arus lalu lintas, terlihat lancar. Dia menjelaskan, pada Operasi Lilin Candi 2012, selain mengerahkan seluruh personelnya, Polres juga bekerja sama dengan instansi terkait dan pihak gereja. Bupati Widya Kandi mengatakan, kunjungan itu merupakan wujud perhatian pemkab terhadap para petugas, sekaligus mengecek kelengkapan petugasnya, seperti Satpol PP dan petugas kesehatan. Bupati juga memberikan bingkisan

yang berisi gula, kopi, dan makanan ringan kepada semua pos yang dikunjungi. ‘’Alhamdulillah kondisi aman dan yang merayakan Natal di gereja-gereja merasa nyaman,’’ katanya. Pihaknya juga memerintahkan instansi terkait untuk segera melengkapi obat-obatan. “Saya minta dinas terkait segera menyediakan peralatan kesehatan, baik obat-obatan maupun lainnya di setiap pos,’’ tegasnya.

(H36/SMNetwork/tab)

Bupati Widya Kandi dan Kapolres AKBP Asep Jenal Ahmadi meninjau pospam dalam pengamanan Natal di kawasan alun-alun Kendal HARSEM/SMNETWORK/ROSYID RIDHO

Ditemukan di Puncak Gunung Sokno

Akar Kayu Berbentuk Unik

Akar jati wulung berbentuk mirip ikan mas koki oleh Rusdi diletakkan di ruang tamu

HARSEM/SUKMAWIJAYA

DEMAK - Terhitung mulai Januari 2013, PBB Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) Kabupaten Demak yang selama ini dikelola KPP Pratama Demak, akan dialihkan ke Pemerintah Daerah melalui Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Demak. Karena itu, masyarakat yang akan mengajukan pelayanan PBB, seperti pengajuan mutasi, pembetulan nama, pemecahan, pengurangan, dan keberatan, dapat langsung menghubungi DPKKD Demak. ‘’Pengalihan PBB agar Pemda dapat lebih gencar dalam memungut pajak dan sepenuhnya digunakan untuk pembangunan daerah. Selain itu juga untuk meningkatkan akuntabilitas daerah dalam menyediakan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini terkait dengan adanya otonomi daerah,’’ kata Sekar Puspita Ayu, Seksi Ekstensifikasi Perpajakan KPP Pratama Demak, kemarin. Menurutnya, proses prapengalihan diawali dengan pembekalan materi PBB dengan cara memberi kesempatan kepada pegawai pemda yang ditunjuk untuk mengikuti magang selama satu tahun di KPP Pratama Demak. Proses magang berakhir 21 Desember lalu. Sehingga ketika PBB dialihkan,

Keluarga TKI yang meninggal memohon jenasah Suparminah (33) yang meninggal di Arab Saudi dipulangkan

DEMAK-Rusdi (50) warga Dukuh Bengkah, Desa Wonosekar, Kecamatan Karangawen menemukan akar kayu berbentuk unik di puncak gunung. Diyakini akar kayu ini dari pohon jati wulung berusia ratusan tahun, dan ada hubungannya dengan sejarah Demak. Menurut Rusdi penemuan kayu unik tersebut melalui media mimpi. Hampir tiga bulan dirinya memimpikan seseorang untuk mengambil kayu di puncak gunung Sokno, wilayah Desa Sumberejo, Kacamatan Mranggen. Sesaat berniat mangambil kayu itu, dia kesulitan dengan ongkos penggalian. “Tiba-tiba tetangga membeli kios saya yang berada di pinggir jalan seharga Rp 6 juta, dan uang itulah yang menjadi biaya pengambilan,” ungkapnya, kemarin. Setelah uang ada, ganti tak ada tukang yang mau mengambilnya, namun setelah dirayu dan diyakinkan dengan biaya tinggi, Rusdi

berhasil menggali kayu antik tersebut. Setelah digali dengan kedalaman tiga meter, gantian Rusdi kebingungan untuk membawa kayu ke rumahnya. Sehingga dia meninggalkan begitu saja akar kayu yang besar di atas gunung. Namun muncul keanehan, kayu itu bisa hanyut ketika turun hujan, terbawa arus sungai dari atas gunung hingga mendekati rumahnya. Dari kejadian itu, segera dia membawa kayu tersebut dan memajangnya di ruang tamu. Akar kayu sepanjang 3 meter dengan tinggi 1,5 meter mirip dengan bentuk ikan mas koki didirikannya di atas sebuah kayu sebagai landasan. Kayu landasan itu terpahat secara alami berbentuk mirip Yuyu Rumpung (kepiting tanah). Rusdi meyakini akar kayu itu sangat langka, dan ada hubungannya dengan sejarah di Kabupaten Demak. Namun dia tak mau berspekulasi akar kayu ada hubungan dengan Kayu Jatingaleh yang

dipakai untuk pilar Masjid Agung Demak. Menurut anggota DPRD Demak dapil Mranggen-Karangawen, Abu Said, dia mengenal Rusdi sebagai seorang pencari kayu dan pembuat kayu arang. “Sejak dulu Rusdi sering mencari naflah di hutan sekitar Gunung Sakno atau Gendeng wilayah Karangawen-Mranggen,” kata Abu. Menurut Abu wilayah hutan bengkah dan dua gunung tersebut memang tersimpan misteri. Masih banyak kayu jati pendem atau barang lainnya. “Konon di bawah Gunung Sokno berada sebuah gua yang berbentuk palung, kabarnya tersimpan sebagian kekayaan Keraton Demak Bintoro ketika bedol keraton ke Pajang,” jelasnya. Hanya saja tak satu orangpun berani membuktikannya, selain harus membutuhkan biaya yang tinggi, sekarang palung tersebut sudah dipenuhi oleh air, sehingga warga tak berani untuk memasukinya. (swi/tab)


Rabu, 26 Desember 2012

Geng Motor ...

Bang Ipul ...

Malam itu Slamet bersama temantemannya sedang nongkrong menikmati malam Minggu di trotoar Jalan Pahlawan. “Sekitar pukul 01.00, teman-teman izin pulang ke rumah masing-masing. Karena saya belum ingin pulang, maka saya masih bertahan di tempat tersebut,” kata Slamet saat melapor di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang, kemarin. Setengah jam kemudian, Slamet memutuskan pulang. Ia bermaksud melintasi Jalan Pahlawan karena kondisinya masih ramai muda-mudi. “Saya tidak menyangka, saat melintas di depan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, sekitar 20 orang berkendara motor mencegat dan mengepung.” ungkap Slamet. Tentu saja Slamet panik bukan kepalang. Tak satu pun mereka dikenali oleh Slamet. Dalam kondisi terkepung, ia berusaha mencari celah namun tetap tidak bisa lari. “Tiba-tiba saya ditendang hingga motor saya terjatuh,” katanya. Saat itulah, puluhan orang tak dikenal itu menyerang dengan menghujani pukulan dan

tendangan. Karena dikeroyok puluhan orang, Slamet tak berdaya. Ia hanya bisa pasrah sembari menangkis sebisanya. “Beberapa di antaranya mengambil motor saya dan kemudian dibawa kabur sambil teriak-teriak, sebagian tertawa-tawa terbahak-bahak,” kata Slamet. Hingga saat ini, kasus perampasan yang dilakukan kelompok bermotor atau diduga geng motor itu masih diselidiki tim Reskrim Polrestabes Semarang. Sebelumnya, kelompok pemuda bermotor mengamuk di Jalan Barito Raya, Jum’at (21/12/2012), sekitar pukul 02.00. Akibatnya, seorang pemuda bernama Hermawan (21), warga Karangrono, Karangrayung, Grobogan, tewas dengan kondisi kepala pecah setelah dipukuli bongkahan beton. Pelakunya sekitar delapan pemuda. Diduga mereka adalah geng motor. Korban yang kesehariannya bekerja sebagai penjual nasi goreng itu tewas setelah kehabisan darah saat dirawat di RSUP Dr Kariadi Semarang. (abm/rif)

Novita Wijayanti maju nyalon dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2013. Ia menilai Novita layak memimpin Jateng yang selama ini selalu selalu dari kalangan militer. “Menurut saya sekaranglah saatnya tokoh pemuda tampil di permukaan memegang tampuk kepemimpinan di Jateng,” kata artis yang pernah gagal menjadi Wakil Walikota Tangerang Selatan ini. Novita, kata Saipul, layak diorbitkan sebagai calon wakil gubernur, mengingat ia relatif berhasil memimpin KNPI. Ia meyakini, kalau kesempatan tersebut terwujud dan kalangan partai politik merespon aspirasi organisasi pemuda, maka Novita pun mampu menjadi cawagub yang baik dan memenuhi harapan masyarakat khususnya pemuda di Jateng. Menangapi pernyataan pedangdut itu, Novita Wijayanti masih bersikap malu-malu. Saat ini, tutur Novita, ia belum berpikir untuk maju sebagai cawagub. “Saya belum berpikir ke sana, tapi bagaimanapun saya sampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan teman teman OKP,” ungkap Novita. Untuk saat ini, aku Novita, ia masih berkonsentrasi melakukan pembinaan generasi muda melalui OKP yang tergabung dalam KNPI. Ia membantah bahwa dua kegiatan yang telah dilakukan KNPI, yakni apel pemuda di Kompleks Trilomba Juang Mugas Semarang dan jalan sehat, merupakan kegiatan politis. Ia menjelaskan, kedua aktivitas tersebut sebenarnya diagendakan bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda. “Namun, baru bisa dilaksanakan saat ini, bertepatan Hari Ibu,” terangnya. (ano/rif)

Selama 2012 ... Ironisnya, tahanan kabur juga akibat keterlibatan aparat kepolisian. “Di sisi lain faktor pengawasan dan sistem keamanan sel tahanan, terutama di polsek, perlu mendapat perhatian serius agar di tahun 2013

jumlah tahanan kabur dari kantor polisi bisa diminimalisasi. Jelas, data 93 tahanan kabur ini akan berakibat menurunnya kepercayaan publik,” ujarnya. (abm/rif)

Istriku, ...

Goa Maria ... “Saya cukup sering datang kesini. Saya nggak beribadah, cuma memanjatkan doa saja kok,” katanya. Seorang pedagang pecel dan sate di pelataran parkir, Sri (40) mengungkapkan, ramainya pengunjung itu sudah biasa terjadi. Namun, justru pengunjung akan lebih padat di saat musim libur Lebaran. “Libur lebaran itu semua orang bisa menikmati, nggak hanya muslim tapi nasrani juga bisa ikutan libur. Kalau libur Natal saat ini, ya ramai tapi nggak seramai saat lebaran,” ungkap Sri. Goa Maria Kerep berdiri pada 1954 ketika Sri Paus menyatakannya tahun tersebut sebagai Tahun Maria. Momentum itu mendorong sebagian umat Paroki Ambarawa menghadirkan patung Maria seperti yang ada di Gua Maria

Lourdes Perancis, dan menempatkannya di suatu tempat yang dapat menjadi sarana perziarahan. Pembangunan Gua Maria Kerep dilakukan secara gotong royong oleh umat secara sukarela, termasuk proses pengumpulan batu-batu dari Sungai Panjang, sampai membeli batu sebagai tambahan dan semen sampai pasir. Setelah proses pembangunannya selesai, Goa Maria diresmikan oleh Mgr A Soegijapranata dalam suatu upacara meriah pada 15 Agustus 1954, didukung banyaknya umat yang menghadiri acara itu. Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah dan keindahan Gua Maria Kerep, tak salah menyempatkan waktu luang untuk mengunjunginya karena lokasi tersebut merupakan salah satu objek wisata andalan di Jateng. (Ariel Noviandri)

Kakak saya, Timur (bukan nama sebenarnya) bersama istrinya, sebut saja Heni, menyambut hangat kehadiran saya sebagai seorang adik yang bersemangat menuntut ilmu. Hari-hari kuliah pun saya lalui dengan perasaan senang. Pulang dari kampus, makanan sudah tersedia. Baju-baju kotor pun dicuci Mbak Heni. Merasa disayang, saya pun giat bersihbersih rumah. Apa yang bisa saya bantu, pasti saya lakukan. Meski sibuk, jika diminta tolong sesuatu, pasti tidak saya tolak. Hubungan saya dengan Mbak Heni sangat dekat. Namun lama-lama ada yang tidak beres. Mbak Heni memberi perhatian lebih dari sekadar pada adik. Sering dia mengantar susu hangat ke kamar saya. Dia juga sering menjerang air dan meminta saya mandi air

hangat di pagi hari. Padahal itu tak saya perlukan. Mbak Heni pun sering meminta saya memboncengkannya, entah ke pasar, toko, atau sekadar beli beras, padahal dia bisa naik motor sendiri. Dia leluasa bersama saya karena Mas Timur sibuk di kantor, dan terkadang dinas luar kota. Tentu saja saya sering hanya berdua dengan Mbak Heni di rumah, terlebih Mbak Heni belum punya anak sejak tiga tahun pernikahannya. Dan karena seringnya saya bersenggolan tubuh dengan Mbak Heni terutama jika dia membonceng rapat, akhirnya kami terperosok dalam perbuatan tercela. Ya, kami terlibat zina. Entah mengapa, saya menikmati petualangan nikmat tapi laknat ini. Saya jatuh cinta pada Mbak Heni, sebagaimana

Iklan dan Berlangganan 024 - 3518359, 3512771

PROMO IKLAN BARIS: CUKUP BAYAR 40.000,- TAYANG 1 BULAN. Email : iklan_harsem@suaramerdeka.com. Harga Berlangganan: Rp 25.000,-

BUTUH UANG/BPR TANPA ANGGUNAN Hingga 150JT, Khusus karyawan/wiraswasta Syrt FC CC, Tnpa Survey HUB : TAMA 082133888228 IKL/D-PR/XII/1112

TANPA AGUNAN khusus karyawan swasta syarat slip gaji, serta keterangan kerja. Info: Ramon 085 228 117 368 IKL/S/XI/0512

LAIN-LAIN

PELUANG USAHA

Menerima Iklan Harian Semarang Hub. 024-91019729 PRODUSEN Throne ( Semir utk tas dan sepatu ) Tidak luntur, Tidak lengket, warna netral, bth distributor tunggal di Smg Hub : 08561712017/0811570840

HILANG STNK Nopol H-4297-Yf A.N Tasriah Alamat. Jl. Gasem Sari Rt.002 / Rw.003 Tlogomulyo Pedurungan Semarang IKL/D/XII/1812

HILANG STNK NOPOL H-2601-BG a.n RUWADI alamat JL. Jangli Tlawah RT.02 / RW. 05 Candisari Semarang IKL/D/XII/1312

HILANG STNK NOPOL H-6822-UH a.n Luhur Chandra Alamat Jl. Pasir Mas Selatan B-36 Semarang IKL/D/XII/0612

KOS

IKL/PR/XI/0512

IKL/D/XI/2012

IKL/D/X/2912

KIOS/TOKO DIJUAL DJUAL TOKO HM Uk.5 x 20m, Jl. Imam Bonjol No.6 Smg (Dkt Hotel Singapore) Hub: 024-70169336 / 081575579009 IKL/D-PR/XII/1412

KIOS PASAR BINTORO DEMAK DPN JLN RAYA BESERTA ISINYA 2 LANTAI HRG 350JT NEGO 081 390 644 575

DIBUTUHKAN MARKETING Otomotif PT. Karya Zirang Utama Kirim CV Ke Jl. Jend Sudirman 182 Semarang DIBUTUHKAN MONTIR Sepeda Motor Pengalaman Min 1Tahun Hubungi: 0858 7931 7710 IKL/D-PR/XII/0812

DIBUTUHKAN ADM PROYEK, Laki2, Menguasai Ms Office, Project, diTmptkn Luar Kota. Lmr: Tromol Pos 816SM / SMG 50008-MER IKL/D-PR/XI/3012

DIBUTUHKAN: Tukang Masak untuk Proyek di Luar Kota. Lmr: Jl. Cakrawala Sltn II/1 Semarang, jam 08-10 Pagi IKL/D-PR/XI/3012

MOBIL DIJUAL

IKL/S-PR/XI/1612

IKL/PR/VIII/3112

USAHA SANGAT MUDAH Cepat, aman, untung, berlipat!!!! Hub. 081384060799, 085642904032 PIN BB. 30681DAE IKL/PR/VIII/2512

GABUNG di BISNIS Inves FOREX? Modal Rp.5jt, Profit 5% /hari nonstop 100hari, Hub Udin Tel.021-41188041 http://www.gradasigold.com./SMS ”MINAT” Hp.087781995599 IKL/PR/V/1112

PENDIDIKAN

DIJUAL RMH : JL. Kanfer Utara III / 219 BANYUMANIK 2 Lantai Bawah Toko HUB : 085727072189 / 02470629968 IKL/D-PR/XII/1312

DIJUAL KOS-KOSAN 20 Pintu/Kmr Daerah Bergas Ngempon Karangjati Ungaran Lt 450 M2 Ada Ruang Tamu 2 Dapur 2 Sumur Pompa Air Shm Hub : 08129360091 IKL/D/XI/2612

RUMAH + ISINYA Perumahan Wiku I Demak Luas 300M2 Full Bangunan Hrg 1.100M Nego 081 390 644 575 IKL/S-PR/XI/1612

RUMAH PERUMAHAN Bintaro Asri Demak Blok C No.11 Hrg 125Jt NEGO 081 390 644 575 IKL/S-PR/XI/1612

IKL/D/XI/2212

SERVICE

MOTOR DIJUAL JUAL HONDA Beat ’09, Supra 125 ’05 & '00, Supra Fit ’05 Hub: Jl. Pleburan Tengah No 20. Telp: 024-70668001 IKL/PR/IV/1312

PARFUM

SKRIPSI, TESIS HUKUM DAN KENOTARIATAN CEPAT LULUS, MEMUASKAN DIJAMIN HUBUNGI : 0878 3219 0407

IKL/D-PR/XI/0912

JUAL BAHAN Laundry Parfum, Pelembut, Trika wangi tenan Jl. Stadion Selatan 201 Hubungi: 8415268 IKL/PR/VIII/0412

MENERIMA kos2-an putri / mahasiswi /karyawati Jl. Parangbaris 7 no.19 Telp. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

PELUANG USAHA Franchise Murah 7Jt BEP 2Bln Minuman Plg Laris Hoeds Chocolate Hub : 081328604856

IKL/R/XII/0311

DIRUMAH NEMPEL BENANG TEH 5BOX 350 RIBU HUB : DWI YOGA 0856 4001 7549

IKL/D-PR/XII/0812

IKL/D-PR/XII/0812 PROMO NATAL Disc Pendaftaran 50% s/d Des 12;Privt Musik&Privt BEST MLM USA Prod Ksht Unik&Paten Rmh, Hub Lily’s Music School, Aktual Payout 64%. Gapok 10-50JT Aryamukti Timur 173,PH:6706664 CP: 085226700466 / 081575492028 IKL/D-PR/XII/1811

RUMAH DIJUAL

SUZUKI KATANA 89 ORI DENGDENG NO H CANTIK HUB 081 225 755 009

PELUANG USAHA

KURSUS MUSIK

Keterangan : Harga belum termasuk PPn 10%

PIJAT MULTITHERAPY : Sehat Alami atau Ilmiah untuk Seluruh Keluarga Infaq Mulai 35Rb/Jam. Khusus Panggilan Free Tensi Plus B’diskon di Ragil Husada Semarang Hubungi : Aryo 0819 0159 0787

IKL/D-PR/XII/0812

IKL/D/XII/1912

Iklan Dukacita Rp. 6.500/mmk Iklan Baris Rp. 5.000/baris (min. 3 baris, maks. 9 baris)

PRIVAT HIPNOTIS, tenaga dalam, 30 menit. Teori lgsung praktek menghipnotis, hipnotherapy. Hub: 081567843339

IKL/D-PR/XII/0812

HILANG STNK NOPOL H-2559JR a.n ONNY RATIH MAYASARI alamat Jalan. Peterongan sari II/17-C RT.04/07 Peterongan Semarang Selatan

8.000/mmk 7.500/mmk 7.500/mmk 7.000/mmk

IKL/PR/XI/1012 IKL/PR/IX/2512

IKL/D-PR/XII/1512

KEHILANGAN

Rp. Rp. Rp. Rp.

IKL/D-PR/XII/0112

DIBUTUHKAN Laki/Wanita Max 24Th Punya Sim C, Bermotor, Gaji Tinggi Hub : 081328604856 Hoeds Chocolate

IKL/PR/IV/0712

Kolom Iklan Pendidikan Iklan Keluarga Iklan Sosial

NEW : MASSAGE AND RILEX CALL VIONA 085741812670 PANGGILAN

SALES MARKETING Pria, Max 25 th, Min D3, SIM C, Motor Sdr, Gaji Tetap+ Bonus Hub: 024-70298800/024-3510356

JUAL-BLACKBERRY ORI: orlando 9380 Rp.1,4jt, Bellagio 9790 Rp.2,6jt, Apollo 9360 Rp.1,4jt, Torch2 9810 Rp.2,4jt, Onyx2 9780 Rp.2jt, Gemini 8520 Rp.1,1jt Laptop dan camera Telp: 085336105777 website: www. indorayashop.wordpress.com

Rp. 15.000/mmk Rp. 10.000/mmk Rp. 10.000/mmk Rp. 8.000/mmk

PENGOBATAN

IKL/D-PR/XII/2112

YAYASAN CAHAYA

LOWONGAN

HP DIJUAL

TARIF IKLAN Display FC Display BW Advertorial FC Advertorial BW

BIO SPRAY Untuk Mengatasi Jantung Bocor, Kanker, Miom, Stroke, Kencing Manis Dll. Hub : 083838068971

PROMO GILA CETAK MMT Rp. 13.000/m Free Desain, Tanpa Minimal Order Imam Bonjol 80 (dkt PIKA) 024-3585967

IKL/D/IX/0712

IKL/D/X/1912

dia menaruh hati pada saya. Apalagi Mbak Heni suka memuji saya. “Kamu lebih strong daripada Mas Timur, sayang,” tuturnya. Aduh, saya jadi duri dalam daging di rumahtangga kakak kandung saya sendiri. Mas Timur akhirnya tahu hubungan kami. Mbak Heni positif hamil, dan dia mengakui affair-nya dengan saya. Dengan kalap, Mas Timur menceraikan Mbak Heni dan mengusir kami. Orangtua kami yang dilapori soal ini pun lemas, tak bisa berkata apa-apa. Orangtua Mbak Heni pun hanya bisa marah, tak mungkin mereka melaporkan kami ke polisi. Akhirnya saya menikahi Mbak Heni. Nikah yang penuh masalah karena tak ada yang merestui. Tak ada yang menyambut gembira. (Ditulis oleh A Mughis berdasarkan kisah nyata)

IKL/D-PR/XII/0712

LES NGAJI DIBIMBING SAMPAI BISA HUBUNGI : 0852 2551 8179

SERVICE PANGGILAN, Pompa air, Water Heater, Bikin Sumur, dll Hub : PAK SARNO TEKNIK.024-70545542 / 76740040 IKL/D-PR/XI/1412

TANAH DIJUAL TANAH WEDING LUAS 850M2 HRG 400JT NEGO 081 390 644 575 IKL/S-PR/XI/1612

IKL/D/X/1112

PENGOBATAN

TANAH SAYUNG SAWAH LUAS 7600M2 HRG 150JT NEGO HUB: 081 390 644 575

SEDIA JAMU TAWON KLANCENG. IKL/S-PR/XI/1612 Khusus wilayah Semarang dan siap DIJUAL TANAH JOGOLOYO SEBELAH diantar. Hub: 0856 2806 235 2 IKL/PR/XII/2612

PIJAT : IBU IDA MENGATASI EJAKULASI DINI, tambah Perkasa, Lulur Refleksi. Pekundeng Tengah III 4A. Hub : 024 8416 725 ada tempat bisa di panggil IKL/PR/XII/1812

PIJAT REFLEKSI, Body Massege, Totok Wajah 90Mnt 60Rb,Dipanggil Tenaga Pria Profesional Hub : 024 70010360, 081327610383

IKL/D-PR/XII/0712

ISLAMIC CENTER DEMAK 605M , 400JT NEGO. HUB : 081 390 644 575

IKL/D-PR/XI/0712

UMROH/HAJI DIVAN TOUR TRAVEL Percayakan Haji dan Umroh anda Pada Kami dengan Biaya Terjangkau Hub: 0821 3333 2108 IKL/PR/IX/1412

CARI

MOTOR & MOBIL

RUMAH & TANAH

LAIN-LAIN

CARI MOTOR MIO 2004-2005 supra. Hub joko – smg – 70798849

JUAL ZEBRA 88 warna biru pajak bln 10 standart harga 14,5jt. Hub pk yono – smg – 085290837791

TANAH MANGKANG Lt 96m2 kapling HM 35jt nego. Hub Bp budi – tlogosari – 085641736382

JUAL PERALATAN salon antara lain simer tempat facial, cuci rambut oizon meja rias rak sisir kondisi bagus 85% harga 5jt nego, sepeda wimcycle warna biru harga 600rb, kontrakn rumah plampitan 5jt/th 300rb/bln L 50 x 4m2, 2kt 2km listrik 900watt. Hub ibu yayah – ngaliyan – 024 7074 7756

IKL/CKR/XII/2612

CARI HONDA VARIO 2009-2010. Hub indra – mrican - 02470340449 IKL/CKR/XII/2612

CARI MOBIL SUZUKI st 20 carry plat H kota warna bebas. Hub bp teo – 083842325325 / 3585545 IKL/CKR/XII/2612

MOTOR & MOBIL MOBIL I-JET 84 pajak bln 11 warna merah bagus variasi harga 14jt. Hub bp andi – smg – 024 70570737 IKL/CKR/XII/2612

VEGA R 2006 hitam silver pajak bln 11 siap pakai harga 6,5jt/nego. Hub bp wanto – tlogosari IKL/CKR/XII/2612

VESPA SUPER 76 biru tua pajak bln 8 harga 5,75jt. Hub bp nandar – tlogosari – 70639397 IKL/CKR/XII/2612

ABSOLUT REVO 2010 warna hitam pajak bln 1 harga 8,4jt. Bp andi – ngalian – 024 70560528 IKL/CKR/XII/2612

IKL/CKR/XII/2612

JUAL SUPRA X 2000 warna hitam pajak bln 4 harga 5jt. Hub ucup – jatingaleh smg – 085727854002

IKL/CKR/XII/2612

JUAL MOTOR STAR 87 telat 1th harga 1,3jt. Hub 089669288153

IKL/CKR/XII/2612

JUAL APV 2004 warna hitam pajak bln 1 fullvar harga 95jt. Hub pk suhartono – kendal – 08122577347

IKL/CKR/XII/2612

MOBIL GRAND LIVINA 2011 plat H warna merah pajak bln 4 ready harga 163jt/nego IKL/CKR/XII/2612

RUMAH & TANAH TANAH KAPLING WONOSARI Lt 96m2 HM 30jt nego. Hub bp budi – tlogosari – 085641736382 IKL/CKR/XII/2612

KONTRAK TEMPAT usaha cinde L 3x3m2 listrik 450watt air 1jt/th. Hub bp dedi – cinde – 085741555565 / 024 70395900 IKL/CKR/XII/2612

IKL/CKR/XII/2612

RUMAH Lt 77m2 Lb 60m2 2kt 1km listrik 900watt artetis harga 140jt. Hub fredi – sendang mulyo – 081575822244 / 70325156 IKL/CKR/XII/2612

RUMAH dijatingaleh 3lantai harga 145jt. Hub pk joko – jatingaleh – 085642361080 IKL/CKR/XII/2612

LAIN-LAIN CROSS PD 11 tv 300rb touchscreen, nexian new M 5650 300rb, cross C1 new 225rb, tukar tambah hp, servis hp. Hub bp dedi – cinde - 085741555565 / 024 70395900 IKL/CKR/XII/2612

SIMBAH STEAK promo discount jl. Sanggung barat macam macam rasa mulai 12rb buka jam 12-9malam. Hub Ibu nining – jamgli - 085876552411 IKL/CKR/XII/2612

IKL/CKR/XII/2612

LCD TV 32” polytron merah harga 2,2jt, tv samsung flat 29” 2buah @ 1,150jt, keyboard yamaha 295 usb 6jt, mesin cuci samsung 2 tabung 6,5kg, sanken 2 tabung 7kg @ 900rb. Hub pk alfan – mranggen – 70388417 IKL/CKR/XII/2612

JASA PRT di smg luar jawa jg bisa punya KTP, rata-rata 700rb/bln, cari majikan butuh PRT. Hub mb nia – purwodadi – 085640247001 / 082326575851 IKL/CKR/XII/2612


Rabu, 26 Desember 2012

Libur Panjang, Mal Banjir Pengunjung SEMARANG-Libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru dimanfaatkan sebagian besar masyarakat untuk jalan-jalan bersama keluarga di sejumlah pusat perbelanjaan. Hampir semua mal di Semarang pun banjir pengunjung.

M

al Paragon Semarang misalnya, sejak akhir pekan lalu hingga Selasa (25/12) ramai dipadati pengunjung. Ya, tidak hanya tempat rekreasi yang menjadi jujukan masyarakat untuk berlibur namun pusat perbelanjaan juga menjadi salah satu alternatif untuk berwisata bersama keluarga. Sejak pagi hingga sore hari kemarin pengunjung terus berdatangan. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu liburannya di mal untuk berbelanja dan bermain. Rini Astuti (27) salah satu pengunjung menuturkan, ia lebih tertarik menghabiskan waktu liburannya di mal. Selain mengasyikkan, mal tersedia beragam pilihan kebutuhan. ‘’Apalagi selama akhir tahun mal biasanya menggelar promo diskon,’’ ungkap wanita yang mengajak suami dan kedua anaknya itu. Menurutnya, faktor cuaca

dan kenyamanan membuatnya lebih memilih mal sebagai objek wisata alternatif bagi keluarga. Ia menilai mal dapat menyuguhkan paket komplit bagi seluruh keluarga. Di sini ada fasilitas hiburan permainan anak-anak, belanja, kuliner serta perawatan kecantikan seperti salon. Hampir semuanya tersaji dalam satu atap. Selain Mal Paragon, Java Supermal juga tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi memasuki libur akhir tahun ini pastinya kepadatan bertambah hingga dua kali lipat. Bagian promosi Qomarudin mengatakan, hampir mayoritas pengunjung membawa serta para keluarganya. Pada akhir pekan lalu jumlah pengunjung meningkat dua kali lipat dari biasanya. Jumlah pengunjung mencapai sekitar 40.000 pengunjung dari biasanya hanya 20.000 pengunjung. Menurut dia, sebagian besar pengunjung menghabiskan waktu untuk makan. Terlihat

Pengunjung memadati stan pakaian di Mal Paragon Semarang, Minggu (25/12). SM/FiSta NoviaNti

hampir semua gerai makanan penuh, seperti JCo, Pizza Hut, McDonald dan masih banyak lagi. Pemandangan yang sama juga terlihat di Ada Setiabudi. Antrean mengular terjadi di McDonald. Bahkan, antrean panjang sampai di luar pintu. Seluruh meja yang ada bisa dikatakan penuh. Bahkan

PTPN IX Salurkan Bantuan Beasiswa dan Bina Lingkungan

SM/dok

Sekretaris Perusahaan PtPN iX, ir H didit Heru Setiawan menyerakan bantuan kepada perwakilan warga. SEMaRaNG -PTP Nusantara IX ( Persero) menyerahkan dana corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat di sekitar perkebunan dan pabrik gula yang berada di Jateng, barubaru ini. CSR berupa beasiswa dan bantuan bina lingkungan diserahkan Sekretaris Perusahaan

Ir H Didit Heru Setiawan kepada perwakilan masyarakat di Ruang Serba Guna PTP Nusantara IX Semarang. ‘’Bantuan beasiswa dan bina lingkungan sebagai tanda bukti kepedulian PTPN IX terhadap masyarakat terutama warga sekitar kebun-kebun dan pabrik gula,’’ ujarnya. Diharapkan dengan adanya bantuan beasiswa dan bina lingkungan ini bisa memberikan manfaat bagi kemajuan tingkat pendidikan masyarakat, serta merekatkan hubungan antara perusahaan dan warga sekitar, khususnya di area kebun dan pabrik gula. Adapun beasiswa untuk 492 anak berprestasi SD-SMA dengan total Rp 436.800.000. Lalu bantuan bina lingkungan untuk sektor pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana prasarana umum dan pelestarian dengan jumlah sebesar Rp 1.187.467.000. ‘’Sehingga akumulasi dana Program Bina Lingkungan PTP Nusantara IX ( Persero ) yang telah disalurkan dari tahun 1992 hingga Triwulan IV 2012 sebesar Rp 10.283.237.211. (H2-SMNetwork/yul)

pengunjung yang sudah telanjur memesan terpaksa menunggu pengunjung lain menyelesaikan makannya demi mendapatkan meja kosong. Lantaran meja yang ada sudah tak mampu lagi menampung pengunjung, petugas menambahkan kursi dan meja sebagai alternatif. ‘’Tadinya saya sekeluarga

SM/FiSta NoviaNti

djoko Susanto

seluruh importer dapat mengetahui perkembangan terbaru utamanya kebijakan terbaru dari pemerintah. ‘’Setiap sebulan dua kali, buletin GINSI diterbitkan dan dibagikan kepada seluruh anggota. Mengenai aktivitas impor selalu dibahas terus di dalam buletin agar anggota dapat mengetahui perkembangan terbaru,’’ kata Ketua BPD GINSI Jateng, Djoko Susanto, kemarin. Bahkan, komunikasi yang terjalin antarimporter bisa dilakukan di buletin tersebut. Tak jarang, beberapa anggota GINSI mengungkapkan permasalahan usaha mereka melalui buletin. Selain itu, pertanyaan seputar dunia usaha importir mereka ajukan lewat telepon. Barulah pengurus GINSI melakukan upaya jemput bola untuk segera mengatasi persoalan yang selama ini dialami anggotanya. ‘’Komunikasi bisa melalui telepon jika mereka ada kesulitan. Utamanya persoalan tarif sewa angkut maupun bea cukai. Kami terus eksis menjembatani anggota agar terjadi kelancaran arus barang impor,’’ tutur Djoko. Dalam menjalankan mandatnya, GINSI selama ini berkoordinasi pula dengan instansi terkait penyedia jasa

(K14-SMNetwork/yul)

Bagi-bagi Hadiah di Hari Ibu SEMaRaNG- Alfamart kembali memberi apresiasi kepada para pelanggannya. Pada 22 Desember 2012, pelanggan Alfamart khususnya ibu-ibu diistimewakan dengan mekanisme setiap berbelanja Rp 50.000 menggunakan member langsung mendapat hadiah serta dapat mengikuti undian berhadiah ratusan mug. Hal ini memberi kesan istimewa di Hari Ibu kepada pelanggan yang sebagian besar ibu rumah tangga. Antusiames terlihat dari para ibu yang berbelanja pada hari itu dan makin terlihat pada saat kasir memberikan ucapan selamat Hari Ibu serta memberi hadiah yang telah disiapkan. (yul)

GINSI Rutin Terbitkan Buletin SEMaRaNG-Guna mendorong pembangunan perekonomian nasional melalui importasi yang tepat guna, segenap anggota Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) di wilayah Jateng rutin menerbitkan buletin yang berisi perekonomian serta kegiatan arus ekspor dan impor. Penerbitan buletin itu ditujukan khusus bagi anggota GINSI. Dengan harapan,

berencana ke Bonbin Mangkang, tapi tiba-tiba hujan, ya sudah di sini saja. Lebih enak di mal, semuanya lengkap. Apalagi cucucucu saya minta makan disini sambil jalan-jalan dan bermain,’’ ungkap Dadang Sudayat (54), salah satu pengunjung di Ada Setiabudi.

dan pengguna jasa di Pelabuhan Tanjung Emas. Antara lain, TPKS Semarang, Pelindo, Balai Karantina, Asosiasi Forwarder dan Logistik Indonesia (ALFI) dan Indonesian National Shipowner’s Association (INSA). Koordinasi tersebut dilakukan agar terjalin kesepakatan yang baik antara penyedia jasa dan juga pengguna jasa. Sehingga, terjalin kelancaran arus barang impor maupun ekspor. GINSI berupaya membuat iklim yang kondusif pada kegiatan ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Emas. Nantinya, imbuh Djoko, diharapkan aktivitas arus barang dapat berlangsung ramai dan bisa mengalahkan Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak. Djoko memaparkan, dibentuknya GINSI bertujuan sebagai wadah menampung aspirasi anggota serta mempunyai komitmen menjadi mitra pemerintah di dalam pembangunan perekonomian nasional. GINSI sendiri telah terbentuk sejak 1976 silam. Saat ini jumlah anggota GINSI sebanyak 200 anggota. Terdiri dari importer berbagai produk seperti produk tekstil, keramik, bahan pangan dan masih banyak lagi.

HarSeM/dok

Untuk menjalin keakraban antar anggota, setiap sebulan sekali selalu mengadakan coffee morning. ‘’Kegiatan itu dikemas santai. Sekadar ngobrol mengungkapkan uneg-uneg selama menjalankan usaha di bidang impor,’’ ungkap Djoko. Sementara, kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) rutin digelar lima tahun sekali dengan agenda mengganti kepengurusan GINSI serta mengevaluasi dan membahas rencana kerja selanjutnya. Beragam permasalahan yang menimpa pengusaha impor membuat GINSI harus bekerja keras melindungi anggotanya. Misalnya, pungutan tidak resmi yang selama ini dinilai mengakibatkan timbulnya ekonomi biaya tinggi. Yang bisa semakin melemahkan daya saing dan mengancam aktivitas industri. Selain itu, belakangan terjadi distribusi barang rawan pencurian. Kasus kehilangan barang dalam kontainer saat ini terus terjadi. ‘’Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami secara aktif mengawasi arus bongkar muat serta pengecekan kontainer barang,’’ terangnya. (Fista Novianti-SMNetwork/yul )


Menuju Jateng Satu

PDIP dan Demokrat Belum Putuskan Cagub

PKS Kesulitan Jalin Koalisi SEMARANG – PKS dan partai-partai lain yang tidak memiliki ’tiket’, disulitkan PDIP dan Demokrat yang belum mengumumkan calon gubernurnya.

m

eSki sebelumnya sempat mengaku tidak bersedia untuk ikut-ikutan maju dalam Pilgub Jateng 2013, namun kini sikap Ketua DPW PKS Jateng Abdul Fikri Faqih mulai melunak. Kesiapan Fikri nyalon itu terdengar oleh para wartawan, di sela-sela launching 100 konselor DPW PKS Jateng di LPMP Srondol Semarang, Sabtu (22/12) lalu. Fikri mengaku siap untuk masuk dalam bursa pencalonan pilgub mendatang. Ia mengatakan selama partai memberi perintah kepada Abdul Fikri Faqih

HARSEM/ARIEL

dirinya untuk maju, maka tugas itu akan dilaksanakannya. “Ya kalau partai memerintah, Insya Allah saya saya siap,” ungkapnya. Sementara soal koalisi, ia mengaku, pihaknya saat ini masih melakukan kajian. Selain itu, pihaknya juga tetap melakukan komunikasi politik dengan parpol lain. Dijelaskannya pula, hingga sekarang partai yang dipimpinnya belum bisa menentukan calon yang akan diusung dalam Pilgub Jateng 2013 mendatang. Karena, secara aturan PKS belum memenuhi syarat untuk langsung mengusung calonnya sendiri. Untuk itu, lanjut dia, saat akan mengajukan calon, maka PKS harus melakukan koalisi dengan partai lain. Ia mengungkapkan kondisi semakin dipersulit dengan belum adanya pengumuman pasangan calon dari dua parpol besar, PDI Perjuangan dan Partai Demokrat. “Terus terang, PKS dan partai-partai lain yang tidak memiliki tiket disulitkan dua partai, PDIP dan Partai Demokrat. Dua partai yang memiliki tiket untuk mengajukan calon sendiri tersebut hingga saat ini juga belum mengumumkan siapa calon yang akan diusung sehingga partai lain yang tidak memiliki tiket harus menunggu dua partai tersebut untuk mengumumkan siapa calon yang akan diusung,” ungkapnya. (ano/tab)

Rabu, 26 Desember 2012

Ketua Kosgoro Siap Nyalon Wagub SemaRaNG - Belum pasti nama Titik Soeharto diputuskan sebagai calon gubernur, kini sudah muncul lagi nama lain yang siap nyalon wagub. Bowo Sidik Pangarso, Ketua Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) Kosgoro ‘57 Jateng, mengaku siap untuk dicalonkan dalam pemilihan gubernur Jateng 2013. Ia mengaku siap maju sebagai calon wakil gubernur dari Partai Golkar. Ia juga menilai dirinya pantas diusung sebagai cawagub dari partai berlambang pohon beringin itu karena kini dirinya pun telah memiliki banyak pendukung di Jateng. “Memang, anggaran pencalonan itu

sangat besar. Namun, hal itu tidak akan bermanfaat saat sang calon tersebut tidak memiliki dukungan riil,” ungkapnya, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Keormasan DPD Partai Golkar Jateng. Ia mengungkapkan kesiapan dirinya nyalon itu juga mendapat dukungan dari Ketua Umum Kosgoro ‘57 Agung Laksono. Dengan begitu, menurut dia, kesiapannya maju sebagai cawagub mendapat restu dari salah satu tokoh Partai Golkar. “Pak Agung sempat mendorong saya agar maju. Ya, kalau diberi mandat tentu saya siap,” ungkapnya.Menangapi soal dukungan Ketua Umum Partai Golkar

Aburizal Bakrie (ARB) kepada Titik Soeharto untuk maju sebagai cagub, ia menilai, hal itu perlu dikaji ulang. Kalaupun dukungan itu hanya berupa ‘guyonan’, Partai Golkar Jateng tetap harus bekerja keras. “Kalaupun usulan itu sekedar iseng, juga tetap kerja keras. Selain itu, saya juga yakin, teman-teman di DPD kabupaten/ kota tidak ada yang setuju (terhadap pencalonan Titik Soeharto),” tuturnya. Seperti diketahui, ARB sempat mengaku sudah mantap untuk mengusung Titik Soeharto sebagai cagub Jateng. (ano/tab)

RAKYAT BICARA

Dukung Bibit Terpilih Lagi Oleh Hary Pramudya Semua berjalan dengan cepat, tanpa terasa kita akan menemui lagi pesta demokrasi untuk masyarakat Jawa Tengah. Saya menganjurkan rakyat Jawa Tengah memberikan waktu dan kesempatan untuk H Bibit Waluyo memerintah kembali. Dan memberikan dukungan kepada beliau sebanyak - banyaknya, supaya beliau pun bisa menentukan pendampingnya. Serta pada akhirnya melantik kembali Walikota dan Wakil Walikota Semarang ini, agar Semarang bisa setara pada tahun mendatang. Saya sangat salut setelah program walikota “Mbangun Deso Noto Kutho” terwujud, walaupun banyak yang belum terjangkau dan mungkin belum waktunya. Terutama pembangunan

Kirimkan artikel, kolom, opini, komentar dan foto diri Anda seputar Pilgub Jawa Tengah ke redaksi_ harsem@suaramerdeka.com dan argaribisono@yahoo.com atau SMS ke 08156525025.

untuk Gunungpati dan sekitarnya. Contohnya daerah dimana saya tinggal, di Dusun Glagahsari RT 03 / RW 08 Gunungpati belum ada saluran air bersih ataupun pal listrik yang masuk. Padahal kami harus mengantre untuk dapat mandi setiap harinya dengan tetangga sebelah, Ngrembel, yang hanya berjarak berapa kilometer saja. Kami belum ada sarana untuk kemajuan desa kami. (*) Penulis warga Dusun Glagahsari RT 03 / RW 08 Gunungpati, Semarang (085225913893)

Pilih kayak Jokowi

Kalau pilih gubernur ya kayak Jokowi, banyak turun ke lapangan, nggak cuma di kantor terus (08812430474) Cagub Jateng sebaiknya dari bupati/walikota berprestasi membangun pertanian dan efisiensi birokrasi (0818820753)


Rabu, 26 Desember 2012

Man United vs Newcastle

Manchester United dan Manchester City sama-sama tak ingin terpeleset di Boxing Day.

Menjegal Calon Juara KEGAGALAN memetik poin penuh saat dijamu Swansea, akhir pekan kemarin, membuat kubu Manchester United meradang. Hasil imbang tersebut membuat Manchester City bisa memangkas jarak menjadi empat angka. Manajer MU Sir Alex Ferguson bakal menyiapkan beberapa perubahan saat timnya menjamu Newcastle United, Rabu (26/12) malam WIB. Fergie akan memberi kesempatan pada Danny Welbeck, Darren Fletcher, Chris Smalling maupun Javier Hernandez. MU lebih siap ketimbang the Magpies yang harus kehilangan sejumlah pilarnya. Alan Pardew tak bisa memainkan Chiek Tiote yang mendapat kartu kuning kelimanya saat Newcastle menang 1-0 atas QPR. Kehilangan gelandang Pantai Gading itu semakin menambah derita Pardew yang sebelumnya sudah ditinggal dengan Hatem Ben Arfa, Steven Taylor (cedera hamstring), Yohan Cabaye (pangkal paha) dan Ryan Taylor (lutut). Dengan kondisi ini, Pardew pun pasrah saat timnya harus meladeni sang pemuncak klasemen. “Kadang-kadang pada Boxing Day, Anda bisa mendapatkan permainan yang sedikit santai. Tapi, untuk kali ini saya tidak berpikir demikian,” beber Pardew. Perjalanan Newcastle musim ini juga kurang mulus. Dari sembilan pertandingan terakhir, Fabricio Coloccini dkk. hanya menang dua kali. Itu masih ditambah catatan tandang mereka: delapan kali main, empat kali kalah, empat kali imbang --tidak pernah menang. “Meski akhirnya kami meraih kemenangan (akhir pekan lalu, red), perfroma kami di laga tandang tidak terlalu bagus,” ucap Pardew seperti dilansir Yahoosports. Bagaimanapun, masih ada nada optimisme di kubu the Magpies. Musim lalu, mereka mampu memetik hasil seri 1-1. Artinya, peluang untuk menjegal kandidat juara masih tetap terbuka. (twu)

GSUUNG N A L N A R SIA TV RAB .00

MNC pukul 22 2) 6 (2 /1

Siaga Boxing Day Boxing Day akan menjadi titik tolak sukses tidaknya tim-tim yang bercokol di papan atas untuk menjadi kampiun di akhir musim.

P

EKAN berat sudah menanti para kontestan Premier League, hanya sehari paska perayaan Natal. Mereka harus habis-habisan bertarung untuk mempertahankan posisi di tangga klasemen dalam sebuah tradisi yang dinamakan Boxing Day. Tradisi ini mendapatkan namanya dari sebuah kebiasaan lama di mana orang kaya memberikan kotak hadiah kepada orang miskin. Di sebagian besar negara, ada istirahat musim dingin setidaknya satu minggu. Bahkan Bundesliga memiliki masa istirahan selama enam pekan.

Tetapi di Inggris, kemeriahan setelah libur Natal itu justru memberi hiburan bagi para fans. Pertandingan secara tradisional dimainkan melawan rival lokal atau tim dalam jarak dekat. Ini untuk menghindari pendukung harus melakukan perjalanan jarak jauh setelah hari Natal dan ketika jadwal kereta berkurang. Beberapa pemain asing di Premier League meratapi kesulitan bermain selama periode Natal, sementara yang lain menerima bahwa itu adalah bagian dari tradisi Inggris. Karena alasan Boxing Day juga yang membuat bintang legendaris Perancis, Michel Platini, enggan berkarir di Inggris, baik sebagai pemain dan manajer, karena kompetisi sepakbola ketika memasuki akhir Desember, kompetisi Inggris serasa dipadatkan. ”Saya ingin menghabiskan liburan saya bersama keluarga, bukan bermain di empat pertandingan dalam rentang waktu delapan hari,”

KEKALAHAN 0-8 di Stamford Bridge menjadi pukulan telak bagi Aston Villa. Namun, mereka bertekad untuk melupakannya dan bangkit kala meladeni Tottenham Hotspur di Boxing Day, Kamis (27/12) dinihari WIB. Hasil negatif di kandang Chelsea tersebut terbilang menyakitkan jika melihat catatan mereka sebelumnya: tak terkalahkan dalam empat pertandingan, termasuk di antaranya mengalahkan Liverpool 3-1. ”Anda selalu mendapatkan pelajaran, entah ketika Anda menang, kalah atau imbang. Hasil itu akan menjadi pelajaran buat kami,” ujar manajer Villa, Paul Lambert, seperti dilansir Reuters. Lambert mengaku kecewa dan, seperti yang dikatakannya, begitu juga para pemainnya. Tapi, mereka hanya punya waktu sekitar dua hari untuk masa jeda sebelum menghadapi pertandingan berikutnya. Pada Boxing Day, the Villans siap membayar kekecewaan di Villa Park saat menjamu The Lilywhites. Tottenham sendiri yang sempat berada di urutan ketiga, kini tercecer ke urutan keenam. Tapi performa

mereka juga tidak terlalu jelek: lima laga dilalui dengan catatan tiga kali menang, satu kali imbang, dan satu kali kalah. ”Kami hanya punya waktu dua hari untuk melupakannya, tapi kami sudah harus menghadapi Tottenham pada hari Rabu. Saya yakin, siapa pun yang main nanti, mereka pasti akan menebus kekalahan yang lalu,” kata Lambert lagi. Tapi, misi the Villans untuk kembali ke jalur positif bakal mendapat ganjalan jika menengok rekor pertemuan kedua tim di Villa Park. Tuan rumah hanya sekali merasakan kemenangan dari tujuh bentrok terakhir. Empat partai berakhir imbang, dan dua kekalahan. Belum lagi cedera yang dialami beberapa pilar Aston Villa. Dua andalan di lini depan Gabriel Agbonlahor dan Darren Bent kondisinya masih meragukan. Begitu juga dengan dua bek Ron Vlaar dan Richard Dunne. Dengan kondisi ini, Lambert kembali akan mengandalkan pasukan mudanya, dengan Christian Benteke yang menjadi pemimpin di barisan depan. (twu)

Sementara pada musim 2007/2008 dan 2008/2009, Arsenal dan Liverpool harus melupakan gelar juara setelah gagal mempertahankan posisi puncak saat Natal hingga akhir musim. Dalam dua musim tersebut, United akhirnya finis sebagai juara. Sebagai catatan, Manchester United memenangi 17 partai dari 20 laga Boxing Day terakhir. Jika dikerucutkan, dengan keunggulan empat angka ini Setan Merah sudah dipastikan menjadi juara musim dingin dan mungkin kampiun di akhir musim. (twu)

Jadwal Liga Inggris Pekan 19 Everton vs Wigan Fulham vs Southampton Man Utd vs Newcastle Norwich vs Chelsea QPR vs WBA Reading vs Swansea Sunderland vs Man City Aston Villa vs Tottenham Stoke City vs Liverpool

Stoke City vs Liverpool

Aston Villa vs Tottenham

Saatnya Obati Kekecewaan

kritiknya beberapa waktu lalu, dalam kapasitasnya sebagai presiden UEFA. Bagi kontestan Premier League, Boxing Day menjadi periode krusial untuk calon juara. Hingga matchday 18, Manchester United masih bertahta dengan 43 angka, unggul empat poin atas Manchester City. Musim lalu, Citizens sukses menjadi juara setelah mampu melewati Boxing Day dengan baik. Sementara, Chelsea yang akhir pekan lalu menggulung Aston Villa 8-0, sudah tertinggal terlalu jauh di trap ketiga dengan 32 angka. Sebelumnya, pada musim 2004/2005, Chelsea yang muncul sebagai kuda pacu baru, juga melakukan hal yang sama dan mempertahankan posisi puncak di Hari Natal hingga akhir musim. The Blues yang kala itu dibesut Jose Mourinho sukses meraih gelar pertama setelah 50 tahun. Dan sukses tersebut terulang lagi di musim berikutnya.

NGSUNG SIARAINS (L2A7/12) pukul M

TV KA

00.30

HARSEM/GETTY IMAGES

Christian Benteke dkk bertekad melupakan kekalahan menyakitkan dari Chelsea

Mendobrak Tradisi Negatif

KEMENANGAN atas Fulham kembali meningkatkan optimisme Liverpool. Namun, ujian selanjutnya sudah menanti kala mereka melawat ke Britania Stadium, Kamis (27/12) dinihari WIB—tempat di mana si Merah tak pernah menang dalam empat kesempatan terakhir. Markas Stoke City tersebut seolah menjadi kuburan bagi Liverpool. Di tempat itu, Liverpool hanya sanggup mengemas dua angka dari empat lawatan sebelumnya. Stoke pernah menyulitkan dan menahan imbang Liverpool di Anfield pada Oktober silam. Namun, setelah menang atas Newcastle

United akhir November lalu, The Potters belum lagi meraih hasil maksimal. Ryan Shawcross dkk. hanya mampu meraih tiga hasil imbang plus satu kekalahan. Di sisi lain, Liverpool tengah termotivasi. Kemenangan atas Fulham diwarnai dengan penampilan impresif Stewart Downing dan Luis Suarez yang kembali mencetak gol setelah puasa selama empat pertandingan di Premier League. ”Kami akan menjadi lebih baik di paruh kedua musim,” ucap Rodgers seperti dilansir AP. ”Kami hanya perlu terus memperbaiki diri dan terus tampil konsisten. Jika kami bisa melakukannya, maka kami punya kans untuk terus memperbaiki posisi di liga.” Sementara, Stoke juga punya target sendiri, meski target itu terdengar lebih sederhana dibanding target G N Liverpool. ”Kami U S G N menginginkan 40 SIARANTVLKAAMIS (27/12) AL poin. Itu dulu yang GLOB 02.45 pukul kami butuhkan,” kata Tony Pullis. (twu)

Demi Setan Merah, Taarabt Rela Jadi Cadangan GELANDANG Queens Park Rangers mengklaim agennya tengah berbicara dengan wakil presiden AC Milan Adriano Galliani terkait potensi hijrah ke San Siro. Tapi, sang pemain justru mengimpikan bisa bermain di Old Trafford untuk Manchester United. Pemain internasional Maroko tampil mengesankan di Loftus Road musim ini dan kerap dirundung rumor bakal meninggalkan klub London Barat yang mengalami kesulitan di Liga Primer Inggris. Taarabt mengaku hanya tawaran dari I Rossoneri yang akan membuatnya menolak ajakan gabung dengan klub Inggris lainnya

karena dengan gabung laskar Massimiliano Allegri akan menjadi batu lompatan buatnya. ”Saya hanya akan menolak tawaran dari klub besar Inggris jika Milan mengajukan tawaran,” aku Taarabt kepada La Gazzetta dello Sport. “Agen saya bicara dengan Galliani, tapi itu tergantung apa yang terjadi dengan Robinho dan kabar keterkaitkan dengan Javier Pastore.” Namun, pemain 23 tahun ini malah mengaku memendam hasrat bermain untuk Manchester United. “Saya hanya akan meninggalkan London untuk Manchester

United, klub impian saya, di mana di sana tidak ada nomor 10,” ujarnya. “Demi Sir Alex Ferguson saya juga akan diam di bench dan bersedia bekerja keras,” Taarabt menambahkan. Taarabt akan menjadikan Milan sebagai pelabuhan sementara, untuk kemudian menuju klub yang lebih besar. “Milan tidak dalam periode emas sekarang dan tak lagi termasuk jajaran klub besar. Tapi, jika saya bergabung dengan Milan maka itu akan membuka pintu bagi saya kepada klub besar seperti Real Madrid dan Barcelona,” pungkasnya.

(twu)

Adel Taarabt (kiri) HARSEM/GETTY IMAGES


Rabu, 26 Desember 2012

Morris Segera Teken Kontrak

Persip Terus Berbenah KEKALAHAN 0-4 dari PSIS membuat skuad Persip Pekalongan mawas diri. Laskar Kalong langsung melakukan evaluasi, sebelum giliran menjamu PSIS, 28 Desember mendatang. Pelatih Agus Riyanto mengakui dalam pertandingan tersebut anak asuhnya kalah pengalaman dibandingkan PSIS Semarang. Mantan arsitek PSCS Cilacap tersebut akan menjadikan ujicoba kontra Mahesa Jenar sebagai bahan evaluasi. “Pertandingan tersebut sangat berharga dan sebagai pembelajaran untuk tim kami, kami akan terus mengevaluasi untuk memperbaiki kelemahankelemahan tim,” terang Agus. Untuk menjamu PSIS, Agus kembali mempersiapkan tiga pemain baru, yakni Febri, Ilham Assdat dan Reza Dini. Dua nama terakhir ini sama-sama pernah berseragam PSIS. Saat ini Skuad Persip Pekalongan berjumlah 18 orang, rencananya Agus Riyanto akan membawa 24 pemain untuk mengarungi kompetisi divisi utama musim 2013 PT. Liga Indonesia yang tergabung

Morris Power dinilai memenuhi kriteria yang diinginkan pelatih Firmandoyo dan akan segera diikat.

K

pertandingan melawan tim berjuluk Laskar Kalong tersebut, Morris tercatat memliliki beberapa peluang emas untuk membobol gawang lawan. Pelatih Firmandoyo mengaku puas dengan penampilan Morris pada laga tersebut. Menurutnya Morris berhasil melewati ujian terakhirnya dengan sangat bagus. Dia akan menjadi salah satu pemain yang bisa mengangkat moral tim. “Saya sangat puas terhadap permainan yang ditunjukan oleh Morris, dia tampil sangat dominan,” beber Firmandoyo. Terpisah manajer tim PSIS Semarang Setyo Agung Nugroho menerangkan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti surat rekomendasi dari pelatih Firmandoyo akan melakukan negosiasi dengan Morris. “Saya akan segera melakukan pembicaraan dengan Morris untuk masalah kontrak,” ujar Agung. Agung menambahkan, pemain asing lain yang juga siap dikontrak, Emile Linkers dijadwalkan akan tiba di Semarang pada 28 Desember lusa. (cw1/twu)

UOTA pemain asing untuk mengisi posisi stoper nampaknya akan segera terisi dalam skuad Firmandoyo. Seperti yang dijanjikan, akhirnya Morris Power direkomendasikan setelah pertandingan melawan Persip Pekalongan pada Sabtu (22/12) kepada jajaran manajemen PSIS Semarang. Ekspatriat asal Liberia tersebut sudah mengikuti latihan selama sepekan dan sempat dimainkan pada babak kedua saat melawan Unnes. Pada ujicoba melawan Laskar Kalong Sabtu lalu dia bahkan tampil penuh. Walaupun baru beberapa kali mengikuti latihan bersama Laskar Mahesa Jenar namun permainan eks bek Pro Duta dan Persipasi pada laga trial tersebut langsung “nyetel” dengan Iswandi Dai cs. Morris menjadi tembok kokoh di jantung pertahanan bersama Fauzan Fajri. Pemain bernama lengkap Morris Power Bayour ini juga sangat tenang selama pertandingan. Dia bahkan tidak membuat satu kesalahan pada laga itu. Meskipun sejatinya posisinya adalah pemain belakang yang bertugas menjaga benteng pertahanan, namun dalam

HARSEM/INDRA PRABAWA

Panser Biru Buka Pendaftaran Tur ke Pakalongan

Panser Biru siap memberikan dukungan di Pekalongan

PSIS akan melakoni ujicoba ketiganya pada Jumat (28/12) mendatang, melawan Persip Pekalongan yang sebelumnya dicukur 4-0. Tapi, kali ini skuad Firmandoyo akan gantian dijamu Persip. Untuk lawatan ke Kota Batik tersebut, suporter setia Mahesa Jenar, Panser Biru berencana akan datang langsung memberikan dukungan kepada Iswandi Dai cs. Sekretariat Panser Biru pun mulai membuka

pendaftaraan untuk touring mendukung PSIS Semarang ke Pekalongan. Dengan biaya Rp 40 ribu, mereka akan berangkat menggunakan armada bus dan sudah mendapat tiket. Sedangkan untuk yang ingin berkonvoi naik sepeda motor hanya membeli tiket. Pihak korwil juga telah mempersiapkan truk untuk para suporter. Menurut Sekretaris Umum Dody Prayogi tour ini akan menjadi away yang pertama kali, setelah sekian lama vakum usai kompetisi musim lalu. Dia menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk kembali mengumpulkan para suporter, menjalin kekompakan serta melakukan silahturami dengan suporter lawan. Selain itu, kata dia, pendaftaran ini tidak hanya diperuntukan suporter panser Biru, namun SneX juga diperbolehkan untuk mendaftar. Rencananya, mereka akan berangkat pada Jumat (28/12) pukul 09.00 dari Gor Tri Lomba Juang. “Dengan berangkat bersama maka korrdinasi akan lebih mudah, ketertiban dan keamanan juga mudah dikendalikan,” kata Dody. Dody menambahkan, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kirun (085641335007) atau Burik (085712622229). (cw1/twu)

dalam Grup II (DKI, DIY, Jateng dan Jabar). Agus Riyanto menambahkan, rencananya Persip akan merekrut tiga pemain impor untuk mengisi barisan benteng pertahanan, lini tengah dan striker. Salah satu yang diincar adalah Patricio Jimenez yang musim lalu bermain memperkuat Persitara Jakarta Utara. “Saya menginginkan agar skuad bisa lengkap agar lebih solid karena mengingat semakin dekatnya kompetisi Divisi Utama,” ujarnya. (cw1/twu)

Riza Dini saat masih berkostum PSCS. Musim ini, pemain asli Semarang tersebut akan membela Persip

HARSEM/INDRA PRABAWA HARSEM/INDRA PRABAWA

Pembukaan Divisi Utama

PSIS Jamu Persiku HARSEM/INDRA PRABAWA

HARSEM/INDRA PRABAWA

Tutuk Berpeluang Menang Aklamasi

Tutuk Kurniawan PELUANG Tutuk Kurniawan memenangkan pemilihan ketua umum KONI Jateng dalam Musorprov KONI, yang berlangsung hari ini hingga besok (26-27/12) di Patra Convention Hotel Semarang, terbuka lebar. Bahkan Wakil Ketua III KONI Jateng itu dimungkinkan menang secara aklamasi. Hal itu berdasarkan data yang dibeberkan tim pemenangan Tutuk, Selasa

(25/12) di Semarang. Bambang Siswoko, salah satu tim pemenangan menyebut, pihaknya telah mengantongi 87 suara dari 89 suara sah yang diperebutkan. Bambang merinci 32 peserta mendukung melalui surat, sementara 55 lainnya melalui komunikasi secara lisan. ‘’55 suara tersebut meski secara lisan tapi kami bisa memastikan akan mendukung Pak Tutuk. Secara emosional dan batin mereka mendukung,’’ kata Bambang yang juga Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Pelaku Olahraga KONI Jateng. Selain itu, kata Bambang, sesuai AD/ ART KONI, masih ada dua suara yang diperebutkan yakni KONI pusat dan KONI Jateng demisioner. Namun menurutnya, dua suara tersebut juga cenderung memilih Tutuk. Sementara, calon lainnya, Sukardi mengatakan akan tetap fight dalam pemilihan. Meski tidak bisa menyebut pasti jumlah dukungan kepadanya, ia akan tetap menyampaikan visi dan misi kepada peserta musyawarah. Ia berharap peserta yang setuju dengan visi dan misinya bisa memilih dia menjadi ketua. Tidak Tabu

Adapun, calon ketua lainnya Bambang Husodo mengatakan melihat peta kekuatan dukungan ia memilih bersikap realistis. Ketua Badan Monev KONI itu bahkan setuju seandainya pemilihan tidak dengan pemungutan suara. ’’Aklamasi itu tidak tabu. Asalkan aklamasi itu tidak dicederai dengan kepentingan. Asalkan nanti pengurusnya orang-orang yang profesional. Aklamasi menurut saya juga untuk menghemat waktu,’’ kata Bambang Husodo. Tri Rustiadi, Sekum KONI, mengatakan Musorprov akan dibuka langsung oleh Gubernur Jateng Bibit Waluyo. Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman berhalangan hadir dan diwakilkan Suwarno, Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Pendidikan dan Penataran. Selain pemilihan ketua umum, musyawarah juga mengagendakan laporan pertanggungjawaban KONI demisioner, KONI Awards, dan pemilihan tuan rumah Porprov 2017. Penerima KONI Awards adalah Gubernur Jateng Bibit Waluyo, Sekda Jateng Hadi Prabowo, Kepala Dinpora Budi Santoso, Unnes, KONI Surakarta, FPTI, NPC, Kodam IV Diponegoro, dan Polda Jateng. (H69-

SMNetwork/twu)

HARSEM/INDRA PRABAWA

Duel PSIS versus Persiku di laga ujicoba, Januari 2010. Keduanya akan kembali bertemu di partai pembukaan Divisi Utama 2013. PSIS akan meladeni Persiku Kudus di partai pembuka Divisi Utama PT Liga Indonesia (PT LI). Pertandingan yang berlangsung di Stadion Jatidiri, 27 Januari 2013 itu rencananya juga akan disiarkan langsung ANTV pukul 15.30. Kepastian tersebut didapat setelah PT LI mengeluarkan informasi terbaru pelaksanaan Divisi Utama. Terakhir kali tim Kota Kretek itu bentrok dengan PSIS terjadi pada musim 2010 lalu dalam laga uji coba. Saat tampil di Stadion Jatidiri, PSIS menang 3-0, adapun saat bertandang ke Stadion Wergu Wetan Kudus, berakhir dengan hasil seri 0-0. Terkait laga pembuka itu, Manajer Tim PSIS Setyo Agung Nugroho mengatakan, tidak ada masalah berarti. Menurutnya, siapapun lawannya sama saja. Pasalnya, skuad Mahesa Jenar juga akan bertemu semua tim di Grup II. Dia hanya meminta agar tim fokus di setiap laga.

’’Kami sudah siap mengikuti kompetisi. Saat ini, PSIS tengah menjalani serangkaian uji coba. Belum lama ini, kami menjamu Unnes dan Persip Pekalongan. Rencananya pada Jumat (28/12) akan bertandang melawan Persip Pekalongan,’’ ujar Agung. Di Grup II, Iswandi Dai cs akan berjumpa dengan Persitara Jakarta Utara, Persikabo Kabupaten Bogor, Persikad Kota Depok, Persip, Persitema Temanggung. Kemudian Persis Solo, Persiku Kudus, Persipur Purwodadi, PSCS Cilacap, dan PSIM Yogyakarta. Sedangkan durasi putaran pertama diputar mulai 27 Januari hingga 1 April. Sedangkan putaran kedua pada 19 April hingga 9 Juni 2013. Sementara 12 besar pada Juni-Juli, semifinal (2025 Agustus) dan final 31 Agustus-5 September, play off pada 17 September. (K18, H85/SMNetwork/

twu)


Rabu, 26 Desember 2012

400 Kasek Ikut Sosialisasi SNMPTN

UnDiP memberikan sosialisasi SNMPTN 2013 yang diadakan oleh Undip, baru-baru ini. 400 kepala sekolah SMU/SMK dari wilayah pantura Jawa Tengah mengikuti sosialisasi yang diadakan di Gedung Prof Soedarto SH Undip Tembalang. Dalam paparannya panitia SNMPTN 2013 dari LP2MP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) Undip, Ir Sujadi MT mengatakan, dalam penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini Undip mengadakan tiga jalur penerimaan. Di antaranya, SNMPTN Penjaringan Prestasi, SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Seleksi Mandiri. “Adanya pergantian nama SNMPTN Undangan menjadi SNMPTN Penjaringan Prestasi hal itu untuk meluruskan persepsi publik. Karena selama ini banyak orang salah menafsirkan kalau ikut SNMPTN Jalur Undangan persepsinya pasti diterima padahal kenyataannya tidak,” kata dia. Menurutnya, hal itu tergantung dari prestasi akademik siswa, untuk itu dengan adanya pergantian nama menjadi SNMPTN Penjaringan Prestasi ini publik akan lebih jelas. Sujadi mengharapkan, kepala sekolah dan guru di SMA sederajat diminta untuk aktif dalam mencari informasi mengenai ketentuan dan pelaksanaan tentang SNMPTN secara online. “Hal itu sangat penting untuk mengetahui informasi yang terbaru dari panitia SNMPTN pusat, jangan sampai guru tidak tahu jika ditanya siswa,” jelasnya. Sementara itu, salah satu peserta yang ikut sosialisasi SNMPTN, Aunun mengatakan, acara sosialisasi tersebut sangat penting bagi calon mahasiswa. “Walaupun sebenarnya keinginan kami ada perwakilan dari Undip untuk datang ke sekolah kami agar para guru dan siswa dapat lebih jelas dalam memperoleh informasi mengenai SNMPTN ini,” ujar siswa perwakilan SMU Muhammadiyah Sayung Demak ini. (awi/nji)

Tokoh Lahir dalam Waktu Tepat

tOkOH selalu lahir dalam ruang dan waktu yang tepat. Demikian kalimat yang pernah dikatakan, Mgr Soegijapranata yang dikutip oleh Rektor Unika, Prof Budi Widianarko. Tetapi tidak semua orang yang hadir di ruang dan waktu yang sama menjadi tokoh. “Hanya mereka yang mampu membaca situasi, mengambil sikap menonjol, memiliki kepeloporan yang akan menjadi tokoh,” ujarnya usai upacara wisuda periode III 2012 Unika Soegijapranata, Sabtu (22/12) lalu. Dirinya mengingatkan seluruh lulusan untuk menanamkan nilai kepeloporan sebagai ciri pemimpin. “Semua orang adalah leader (pemimpin). Namun, hanya kepemimpinan autentik yang mampu meraih keberhasilan,”. katanya. Menurutnya, ketokohan Soegijapranata lahir menjadi tokoh karena prakarsanya, berani menentukan pilihan. Pada wisuda periode III 2012 itu, Unika Soegijapranata Semarang mewisuda 283 lulusan dari berbagai program studi, baik dari program diploma, sarjana, dan pascasarjana. (awi/nji)

Setelah melakukan persiapan selama tiga tahun lebih, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang akhirnya merealisasikan rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) online, yang akan diluncurkan hari ini, Rabu (26/12). Otomatis semua RAPBS tahun ajaran 2012/2013 dipublikasikan secara online.

D

ikatakan, Sekretaris Disdik Kota Semarang Nana Storada, RAPBS online sudah mulai dilakukan tiga tahun lalu dan telah melalui beberapa tahapan. Pada tahun 2009 menggunakan excel, 2010 menggunakan desktop, dan tahun 2011 sudah mulai online namun belum dipublikasikan. “Tahun 2013 nanti untuk RAPBS tahun ajaran 2012/2013 sudah dilakukan online dan dipublikasikan,” tegas Nana. Untuk menjalankan sistem online tersebut, lanjut Nana, pihaknya sudah memberikan sosialsiasi dan bintek kepada para Kepala Sekolah, Kepala UPTD, operator, serta bendahara di sekolah. “Dengan RAPBS online yang bisa dilihat publik ini semoga bisa menambah transparansi keuangan sekolah yang selama ini sering menjadi sorotan dan perhatian publik,” kata Nana. Dalam website RAPBS online, jelas Nana, masyarakat diberi akses tersendiri untuk menyampaikan keluhan dan saran bila menemukan kejanggalan atau ketidaktransparanan pihak sekolah. “Dalam laman web tersebut ada menu pengaduan dan tanya jawab. Jadi kalau memang

HARSEM/CUN CAHYA

Siswa SDN Ngaliyan 04 beraktivitas di ruang kelas yang rusak, beberapa waktu lalu. Mulai hari ini, sekolah wajib mempublikasi laporan keuangan. ada masukan atau keluhan, silahkan masyarakat mengakses laman tersebut,” jelasnya. Dia beharap seluruh sekolah mempersiapkan RAPBS yang nantinya akan dientri dalam sistem online. “Seluruh sekolah negeri siap 100 persen termasuk sistemnya telah dapat diakses. Tinggal ketaatan sekolah untuk mau mengentri RAPBS/APBS/APBSP,” imbuhnya. Aktivis LSM Patiro Kota Semarang Widi

Nugroho berharap dengan sistem RAPBS online ini masyarakat bisa ikut mengontrol bentuk transparansi dan akuntabilitas sekolah. “Dengan sistem online ini Dinas Pendidikan juga terbantu dalam melakukan pengawasan. Karena selama ini masih banyak sekolah yang tidak transparan dan berani memampangkan RAPBS di papan pengumuman sekolah,” ujarnya. Sementara itu, Sekretaris Badan

Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Hernowo Budi menegaskan, launching RAPBS online yang dilakukan pada tanggal 26 Desember 2012, ini sebagai tindaklanjut Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang Rencana Aksi Daerah Pemberantasan Korupsi. “RAPBS online ini juga bekerjasama dengan KPK dan Bapermas, serta temanteman penggiat korupsi di Jateng,” tandasnya. (lif/nji)

Sambut Pasar Bebas, Kualitas Lulusan Wajib Ditingkatkan JELanG terbukanya pasar ASEAN 2015, dunia pendidikan harus bersiap diri. Kualifikasi pendidikan terutama lulusan perguruan tinggi harus diperbarui. Hal itu diungkapkan Prof Samrit Yossomsakdi dari Universitas Burapha, Thailand, saat berbicara di Untag Semarang, Minggu (23/12). Dia menjadi pembicara pada seminar internasional bertema Reformasi Kebijakan Pendidikan di Era Globalisasi. Samrit menegaskan, pengetahuan akan negara-negara ASEAN menjadi salah satu kewajiban yang harus dikuasai sarjana. “Alumni universitas harus lebih kompetitif. Karena itu, perlu kualifikasi baru terhadap lulusan kampus,” jelasnya dalam bahasa Inggris kemarin. Seminar diikuti ratusan peserta. Pembicara lain adalah Prof Mohd Fuad Mat Jali dari Universitas Kebangsaan Malaysia dan Dr Karmanis dari Untag. Acara dipandu moderator Dr Andy Fefta Wijaya dari Universitas Brawijaya, Malang. Samrit juga mengungkapkan beberapa sektor yang bakal bersaing di 2015. Antara lain insinyur, arsitek, dokter, akuntan, perawat, peneliti, dokter gigi, dan lainnya. Pihaknya sudah mempersiapkan diri. Kerja sama dengan beberapa pihak termasuk dengan Untag Semarang merupakan salah satunya. Persiapan Malaysia Senada dengan Samrit, Andy mengungkapkan beberapa kebijakan yang dijalankan Malaysia. Dia mengatakan, menyusun rencana pembangunan pendidikan selama tiga tahun ke depan sejak 2012. Dengan begitu, pada 2015 mendatang pihaknya benar-benar siap bersaing dengan negara ASEAN lain. Karmanis yang juga Ketua Program Magister Ilmu Administrasi Untag Semarang pada paparannya menyatakan,

HARSEM/ADHITIA A-SM NETWORK

HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI

Mulai Hari Ini, Sekolah Wajib Publikasi Keuangan

Prof Samrit Yossomsakdi (podium) berbicara di Untag Semarang pada seminar reformasi pendidikan, Minggu (23/12).

globalisasi memengaruhi semua aspek kehidupan termasuk pendidikan. Karena itu, harus disiapkan kurikulum yang progresif untuk menghadapinya. Dekan Fisip Untag Semarang Suparno saat ditemui usai kegiatan menegaskan, acara merupakan salah satu

implementasi kerja sama dengan beberapa kampus luar negeri. Dia yakin, kerja sama bisa membawa Untag terutama fakultas yang dipimpinnya semakin baik. Pihaknya juga masih berupaya menjalin kerja sama dengan beberapa kampus lain. (H35-SM Network/nji)

Kurikulum Baru, Guru Harus Ubah Pola Pikir

Guru dan peserta SM3T Unnes tengah mengajar sebuah sekolah di Aceh, beberapa waktu lalu.

HARSEM/DOK

iMPLEMEntaSi kurikulum baru yang akan diterakan dimulai tahun 2013 sangat tergantung peran guru. Karena guru yang akan menjalankan kurikulum. Hal itu disampaikan pakar pendidikan IKIP PGRI Semarang, Dr Muhdi, saat ditemui di kampus tersebut belum lama ini. Dia mengatakan, melihat heterogenitas guru Indonesia, maka penerapan kurikulum baru menjadi sangat bergantung kesiapan tenaga pendidik. ‘’Pada kurikulum baru, mindset pendidikan diubah dari akademik menjadi akademik yang berketrampilan dan berkarakter. Maka, guru pun harus diubah mindset-nya (pola pikirnya),’’ ungkap Sekretaris Umum PGRI Jateng itu. Dengan tuntutan tersebut maka dibutuhkan penyiapan guru sekurang-kurangnya sepertiga jumlah guru SD hingga SMA/SMK di Indonesia atau kurang lebih 847.000 pendidik untuk menerapkan kurikulum baru. Hal ini sejalan kebijakan Kemdikbud yang hendak melatih guru selama enam bulan, sebelum kurikulum baru

diterapkan. ‘’Akan tetapi, Kemdikbud hanya melatih 390.000 pendidik yang terdiri dari guru SD kelas I dan IV, SMP kelas VII, dan SMA kelas X. Adapun tahapannya, 40.000 guru akan dilatih menjadi master trainer/pelatih inti. Selanjutnya master trainer ini akan melatih 350.000 guru lainnya,’’ jelasnya. Namun permasalahannya, lanjut dia, apakah jumlah pendidik yang dilatih tersebut sesuai jumlah kelas yang tersedia. Dan apa bisa efektif, serta melibatkan guru tidak tetap (GTT) yang mayoritas banyak mengajar di kelas. Muhdi menambahkan, penerapan kurikulum baru masih menghadapi kendala. Yakni banyak pendidik yang belum berkualifikasi S1. Bahkan sebagian besar sudah berusia di atas 50 tahun. Kemudian, tempat tinggalnya pun berada di daerah yang sulit dijangkau dan status kepegawaiannya adalah guru tidak tetap.

(K3-SM Network/nji)


Rabu, 26 Desember 2012

Tips Nyaman Liburan Bareng Anak ACARA liburan bersama seluruh anggota keluarga pasti menjadi sesuatu yang ditunggu, terlebih bagi anak-anak. Perlu persiapan yang lebih jika Anda ingin berlibur bersama anak-anak, segala hal yang berhubungan dengan kenyamanan selama perjalanan hingga tiba di tempat menjadi faktor utama keberhasilan liburan.

A

gAr liburan keluarga bersama anak-anak menyenangkan sejak awal hingga akhir tanpa tangis dan rengekan minta pulang, perhatikan lima hal di bawah ini.

1. Bawa Makanan dan Minuman dari rumah

Anak-anak sering merasa lapar saat perjalanan dan rewel karenanya. Hal ini bisa membuat Anda memberikan makanan tak sehat jika tak membawa sendiri dari rumah. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya bawa beberapa camilan dari rumah, sandwich, roti dan camilan ringan. Jangan lupa membawa beberapa botol air mineral.

2. Bawa Hiburan Kesukaan Anak

Pastikan masing-masing anak telah membawa apa yang mereka suka. Jika anak Anda kutu buku, bawa beberapa buku. Jika anak Anda suka permainan yang memerlukan baterai, sediakan cadangan baterai. Jika mobil Anda dilengkapi televisi dan pemutar DVD, bawa beberapa film kesukaan mereka. Tak ada salahnya membawa buku gambar dan crayon, juga PSP.

3. Pastikan Susunan Koper rapi

Anda bisa menyusun berbagai jenis pakaian anak mulai dari yang akan paling sering mereka pakai, pakaian tidur dan peralatan mandi dalam satu tas milik masing-masing. Sehingga mereka tidak akan repot mencari berbagai pakaian dan peralatan mandi yang bercampur. Sediakan tas obat dalam wadah tersendiri yang mudah dijangkau. Sediakan juga pakaian bersih pada susunan paling atas koper anak, untuk berjaga-jaga siapa tahu mereka menumpahkan minuman atau muntah.

4. Sediakan Tas Khusus Dokumen Penting

Untuk memudahkan acara liburan, masukkan semua dokumen, paspor, tiket perjalanan, peta, bukti pemesanan hotel dan lain sebagainya dalam satu tas khusus. Ini akan memudahkan Anda agar tidak perlu repot membongkar koper jika membutuhkan semua benda tersebut.

5. Persiapkan rencana untuk Hal Terburuk

Fleksibel dengan rencana liburan Anda. Ada kalanya terjadi sesuatu di luar rencana yang membuat Anda dan keluarga mempersingkat waktu kunjungan atau membatalkan liburan. Pastikan semua orang merasa nyaman dengan liburan tersebut, jika ada salah satu yang tak nyaman, maka pilih lokasi kunjungan yang lain.

(vem/yul)

Mengapa Perokok Tampak Lebih Tua? MErOKOK tak hanya merusak kesehatan dengan menyebabkan penyakit paru-paru, jantung dan impotensi tapi juga membuat si perokok terlihat banyak kerutan kulit. Kenapa perokok terlihat lebih tua? Tak ada satupun manfaat yang dapat diperoleh dari rokok. Bahkan menurut Yussuf Salojee, direktur eksekutif National Council Against Smoking, 12 persen kematian dini di seluruh dunia dapat dikaitkan dengan merokok. Salah satu dampak yang nyata dari merokok adalah membuat si penghisapnya terlihat lebih tua. Bahkan, menurut sebuah studi yang dimuat jurnal British Medical Association, perokok memiliki wajah 5 kali lebih tua dari umur sebenarnya. Kerutan di wajah merupakan penanda kerentanan terhadap dampak asap rokok. Rokok memiliki filter, tapi itu tak cukup untuk menghilangkan kandungan tar yang membuat asap rokok berbahaya. Terlebih lagi, ada bahan-bahan kimia yang ditambahkan ke dalam tembakau untuk meningkatkan rasa, selain berbahaya terhadap tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, juga dapat memperbanyak kerutankerutan di wajah penghisapnya. Dilansir dari Health24, berikut beberapa bahan kimia tambahan di dalam rokok yang bisa memicu kerutan dan membuat orang tampak lebih tua: Amonia Amonia biasanya digunakan untuk membersihkan

jendela dan toilet. Dengan menambahkan amonia ke dalam rokok, maka nikotin dalam bentuk uap akan diserap melalui paru-paru lebih cepat. Ini pada akhirnya membuat otak mendapatkan dosis nikotin lebih tinggi.

Nikel Nama lain nikel adalah perak atau logam putih keras. Bahan kimia ini dapat menyebabkan peningkatan kerentanan terhadap infeksi paru-paru, bronkitis kronis dan berkurangnya fungsi paru-paru.

Kadmium Dalam industri, kadmium digunakan untuk baterai, lapisan logan dan plastik. Kadmium dapat membahayakan paru-paru, menyebabkan penyakit ginjal dan mengiritasi pencernaan.

Lead atau timbal Digunakan dalam amunisi, atap, bensin, cat dan produk keramik. Timbal dapat mempengaruhi hampir setiap organ dan sistem dalam tubuh. Yang paling sensitif adalah sistem saraf pusat, terutama pada anak-anak. Timbal juga merusak ginjal dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, paparan asap rokok yang dicampur timbal dapat menyebabkan kelahiran prematur, bayi kecil, penurunan kemampuan mental pada bayi, kesulitan belajar, dan mengurangi pertumbuhan pada anak-anak.

Benzena Benzena secara alami diproduksi oleh gunung api. Tapi benzena juga merupakan bahan kimia industri besar yang terbuat dari batubara dan minyak. Benzena digunakan untuk membuat bahan kimia lainnya, serta beberapa jenis plastik, deterjen dan pestisida. Ini juga merupakan komponen bensin dan berhubungan dengan leukemia. Bila dicampurkan dengan rokok, sudah dapat dibayangkan dampak yang bisa terjadi pada penghisapnya. Formaldehida Digunakan sebagai perekat dalam produk kayu dan sebagai pengawet dalam beberapa cat. Bahan kimia ini dapat menyebabkan mata berair, reaksi rasa panas di mata, hidung dan tenggorokan, mual, batuk, sesak dada, sesak napas, ruam kulit dan alergi.

Aseton Aseton merupakan produk buangan dari asap kendaraan, asap rokok dan zat yang banyak dihasilkan di lokasi pembuangan sampah. Orang yang bernapas di lingkungan yang tinggi kandungan aseton, dalam jangka waktu singkat dapat menyebabkan iritasi hidung, tenggorokan, paruparu, mata, sakit kepala, kebingungan, denyut nadi meningkat, mual, muntah, pingsan dan mungkin koma. Ini juga menyebabkan pemendekan pada siklus menstruasi wanita. Piridin Terbuat dari tar batubara mentah atau dari bahan kimia lainnya dan digunakan untuk melarutkan zat-zat. Campuran piridin dalam rokok dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mempercepat denyut nadi dan napas cepat dan tersengal-sengal. Jika bahan kimia di atas banyak dikandung tubuh akan mempengaruhi kinerja organ menjadi tidak maksimal. Jika organ terganggu dampak yang paling mudah terlihat adalah pada kulit, karena peredaran darah terhambat dan kurangnya cairan dalam tubuh. Asap rokok mengandung karbon monoksida yang menggantikan oksigen dalam kulit Anda. Sedangkan nikotin mengurangi aliran darah, membuat kulit kering dan berubah warna. Merokok juga banyak menguras nutrisi, termasuk vitamin C. Padahal nutrisi dan vitamin C membantu melindungi dan memperbaiki kerusakan kulit. Nikotin juga menyebabkan vasokonstriksi, yakni penyempitan pembuluh darah yang dapat membatasi aliran darah yang kaya oksigen ke pembuluh darah tipis di wajah atau bagian lain dari tubuh.

(baiq cipta hardianti/yul)

Mentimun, Segar dan Kaya Manfaat

TIMUN seringkali menjadi panganan yang menyehatkan dan menyegarkan. Bisa digunakan sebagai acar maupun garnis yang juga enak untuk disantap. Nah, ternyata manfaat mentimun bagi kehidupan kita sangat banyak dan menyehatkan. Yuk, kita lihat apa saja manfaat timun yang bisa kita nikmati. Mencegah Kanker Dengan menambahkan senyawa alami ke dalam tubuh kita, tentu kita bisa mengantisipasi munculnya penyakit yang tak diinginkan seperti kanker. Timun juga bisa mencegah munculnya kanker karena kandungan pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol. Mengontrol Tekanan Darah Mengonsumsi timun mampu membantu menstabilkan tekanan darah dengan kandungan potasium, serat dan magnesium di dalamnya. Tapi sebaiknya Anda yang memiliki tensi rendah tidak mengonsumsi timun terlalu banyak ya, karena timun hanya direkomendasikan bagi mereka yang tekanan darahnya tinggi. Mengeluarkan racun Kemampuan timun dalam menghidrasi dengan kandungan airnya yang mencapai 96% juga mampu membantu Anda mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu kita jadi terhindar dari dehidrasi bila mengonsumsinya. Masker Wajah dan Pengompres Mata Timun merupakan salah satu jenis buah yang bisa digunakan untuk merawat kesegaran kulit, di antaranya sebagai masker. Kandungan vitamin A sampai C dan mineral di dalamnya bisa membantu mengencangkan dan menyegarkan wajah. Asam kafeat dalam timun juga bisa membantu kita mengurangi kantung mata, karena itulah timun sering digunakan untuk mengompres mata. Wah, hanya dengan sepotong timun, kita sudah berinvestasi untuk mempercantik dan menyehatkan tubuh kita.

(vem/yul)


Rabu, 26 Desember 2012

HARSEM/SMNEtwoRk/ MH HAbib SHAlEH

HARSEM/SMNEtwoRk/ MH HAbib SHAlEH

Seorang relawan memantau banjir lahar dingin yang lewat kali Putih di atas jembatan Gebayan, Desa Sirahan, Salam. banjir lahar ini membawa material berupa batu dan pasir.

Jembatan Darurat Hanyut Diterjang Lahar Dingin MAGELANG- Menjelang akhir tahun, banjir lahar dingin menghanyutkan dan menerjang jembatan darurat di Desa Seloboro,Kecamatan Salam, Magelang.

B

anjir lahar dari Gunung Merapi melewati lima sungai,yakni Kali Bebeng, Kali Putih, Kali Pabelan, Kali Senowo, dan Kali Lamat. Berdasarkan catatan, banjir lahar dingin ini merupakan kali pertama musim hujan ini. Sebelumnya, hujan lebih banyak terjadi di kawasan bawah, sehingga yang terjadi hanya banjir air, tanpa membawa material seperti batu dan pasir.

Banjir lahar kemarin cukup besar dengan ketinggian bervariasi antara 1-2 meter. Lahar terbesar melewati alur Kali Pabelan dan Kali Putih. Di Kali Pabelan, lahar melewati bagian atas jembatan Bojong Kojor dan di Kali Putih menghanyutkan jembatan darurat masyarakat di Desa Seloboro, Kecamatan Salam. Selain itu, jembatan Soropadan di Kecamatan Srumbung dan tanggul penahan lahar di Blangkunan Kecamatan Mungkid juga longsor sepanjang 20 meter. “Longsor belum membahayakan rumah warga di atasnya,” kata Cakra, relawan Linang Sayang. Meski tidak ada korban jiwa maupun kerusakan, namun banjir pembuka ini membuat Jalan Raya Magelang-Yogyakarta mengalami kemacetan panjang di

sejumlah titik. Kemacetan pertama terjadi di perbatasan Magelang-Sleman di sekitar jembatan Kali Krasak. Kemacetan juga terjadi di sekitar pertigaan Semen, jembatan Kali Putih, dan jembatan Pabelan. Kondisi ini diakibatkan banyaknya pengendara jalan yang ingin melihat banjir lahar. “Jalur alternatif di Kecamatan Srumbung sempat terputus,” kata salah satu relawan Ahmad Muslim. Relawan Sarana Komunikasi Bersama (SKB) Suryanto mengatakan arus banjir lahar di Kali Putih berlangsung lambat tidak seperti tahun lalu. Namun material yang dibawa banjir langsung menutup lubang sisa penambang. Camat Salam Sukamtono meminta warga yang

tinggal di sepanjang Kali Putih untuk meningkatkan kewaspadaan selama musim hujan ini. Pasalnya, tumpukan material di Merapi masih banyak sehingga potensi banjir lahar sangat besar. Ia juga menyesalkan masih adanya warga yang nekad tetap menambang di sungai padahal sudah diminta relawan untuk naik. Peristiwa ini terjadi di Dusun Gebayan di mana dua warga tetap mencari batu padahal banjir lahar sudah dekat. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Joko Sudibyo mengatakan banjir lahar ini membawa material dalam kapasitas sangat besar.

(H66/SMNetwork/njs)

Longsor Hancurkan Dua Rumah Warga Teras Hamili Atlet, Tukang Pijat Dibui

KLaTEn-Ulah bejat Sugianto (26) warga Dusun/ Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang mencabuli Mawar (17) berbuah penjara. Apalagi korban yang merupakan atlet kabupaten itu hamil beberapa bulan akibat perbuatannya. Penangkapan tersangka bermula dari laporan keluarga korban ke Mapolres Klaten sebulan lalu. Saat melapor keluarga mengatakan, korban yang juga peraih medali emas tingkat Provinsi Jateng itu hamil. Saat didesak keluarga, diakui jika yang berbuat semacam itu adalah pelaku. Dari laporan itu, petugas memburu pelaku dan menangkapnya saat berada di kos daerah Bendogantungan, Kecamatan Klaten Selatan. Oleh polisi pelaku dibawa ke Polres untuk dimintai keterangan. (h34/SMNetwork/njs)

Besok, Riza Disidang Korupsi Dana KONI SEMaranG - Wakil Ketua DPRD Jateng nonaktif, M Riza Kurniawan dijadwalkan kembali mendengarkan dakwaan korupsi, Kamis, (27/12) di Pengadilan Tipikor Semarang. Kejari Semarang mendakwa Riza terlibat dalam korupsi dana hibah dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jateng kepada tiga cabang olahraga. Ketiganya diurus Riza pada tahun 2011. Tiga cabang olahraga tersebut adalah Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Jateng, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) dan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jateng. Ini adalah perkara korupsi kedua yang mendudukkan Riza di kursi pesakitan pada Pengadilan Tipikor Semarang. Sebelumnya Riza didakwa dalam perkara korupsi dana bantuan sosial keagamaan Kabupaten Magelang. (H89/SMNetwork/njs)

TEManGGUnG-Tanah longsor kembali terjadi di Desa Karangwuni, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Meski tak ada korban jiwa, namun bencana itu menimbulkan kerugian materiil, karena mengakibatkan kerusakan di beberapa titik. Di Dusun Winong, Desa Karangwuni, longsor mengakibatkan senderan rumah milik Sudiman warga RT 05/RW 10 sepanjang 25 meter dengan ketinggian 4 meter ambrol. Material senderan lantas menimpa rumah Tariyo (55), dan Tolib (48), warga RT 06/RW 10. Selain itu, longsor juga terjadi di tebing dan menutup jalan kampung. ”Sebelum longsor didahului hujan lebat sejak sore. Pada malam hari sekitar pukul 20.00 terjadi longsor di dua titik. Pertama senderan ambrol, kemudian tebing di dekat jalan perkampungan,” kata Kadus Winong, Slamet Parwanto (41), kemarin. Dijelaskan Slamet, saat terjadi longsor anak Tariyo, bernama Anang Prasetyo (12),

tengah menonton televisi di ruang keluarga. Di tengah keasikannya menyaksikan siaran salah satu stasiun televisi swasta tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang ternyata material dan tanah menimpa rumah. “Anang sempat tertimpa daun jendela tapi beruntung dia selamat dan tidak mengalami luka sedikit pun. Kalau rumah rusak pada bagian gudang, ruang keluarga, dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 25 juta. Adapun senderan yang ambrol mengakibatkan kerugian kurang lebih Rp 15 juta. Titik longsor juga terjadi di Dusun Gedawung. Tebing yang tanahnya labil sepanjang 7 meter tinggi 5 meter ambrol menutup jalan, sehingga akses warga terputus sejak malam hingga pagi hari. Di Dusun Pucung yang juga masih masuk wilayah Desa Karangwuni juga terjadi longsor pada tebing, namun lokasinya jauh dari permukiman warga. (K41/SMNetwork/njs)

HARSEM/SMNEtwoRk/RADitiA YoNi ARiYA

Rumah milik tariyo (55), warga Dusun winong, Desa karangwuni, kecamatan Pringsurat, kabupaten temanggung, rusak terkena tanah longsor.

Ngebut, Bus Nyemplung ke Jurang

Setelah menabrak kios penjual ikan segar, bus Al Amin terjerumus ke jurang barat jalan. bus berhenti dengan posisi menungging di tebing jurang.

WOnOGiri – Ngebut, bus ‘’Al Amin’’ AD 1510 CG, Selasa (25/12), terjerumus ke jurang setelah sebelumnya menabrak kios ikan segar. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan bus yang berpenumpang belasan orang ini. Lokasi kecelakaan berada di kilometer 6,5 jalan raya Wonogiri-Pracimantoro. Tepatnya di Dusun Godean RT 3/RW 2 Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Bus Al Amin memiliki trayek pelayanan jurusan Pracimantoro-Wonogiri-Solo. Kecelakaan ini, berlangsung pukul 13.45. Bus dikemudikan oleh Guntur Tejo Cahyono (49), warga asal Desa Godang Kecamatan Pracimantoro Wonogiri, dalam perjalanan dari Pracimantoro menuju ke Wonogiri. Malang, setibanya di Dusun Godean, Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, tepatnya di depan gerbang selatan pintu keluar objek wisata

Waduk Gajahmungkur, Wonogiri, bus itu nyelonong ke sisi kiri jalan menabrak kios penjual ikan segar milik Pardi. Beruntung, saat itu Pardi tidak sedang berjualan. Akibat ketabrak bus, kios ikan segar itu hancur. Setelah menabrak kios ikan segar, bus terjerumus ke dalam jurang di sisi barat jalan, dengan posisi menungging. Lokasi kejadian berada di ruas jalan agak menikung. Sebagai saksi mata, Larni, menyatakan, pemicu terjadinya kecelakaan bus masuk jurang ini, gara-gara menghindari mobil Suzuki Carry yang mendadak belok arah di depan gerbang selatan objek wisata Waduk Gajahmungkur. Kepada petugas Satlantas Polres Wonogiri, sopir bus Guntur Tejo Cahyono, menyatakan, sengaja membanting stir ke sisi kiri, supaya tidak menabrak mobil carry yang melintang di tengah jalan.

(P27/SMNetwork/njs)


Rabu, 26 Desember 2012

Jendela

Indonesia

Akbar Harus Diberi Sanksi JAKARTA- Ketua Bidang Hukum dan HAM DPP Partai Golkar, Muladi, meminta partainya memberi sanksi untuk Akbar Tandjung yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar.

A

Ratu Mariyuana Tak Dapat Remisi DENPASAr- Ratu mariyuana asal Australia Schapelle Leigh Corby dan narapidana Lawrence Reanae belum mendapatkan remisi khusus Hari Raya Natal. Remisi mereka masih dalam tahap usulan. “Remisinya telah kami usulkan ke pusat (Depkum HAM). Sekarang remisi khusus bagi mereka belum turun,” kata Kalapas Kerobokan Gusti Ngurah Wiratna kepada wartawan di LP Kerobokan, Denpasar, Selasa (25/12). Sesuai dengan aturan, PP No 28 Tahun 2006, usulan remisi untuk terpidana kasus terorisme, narkotika dan illegal logging diajukan langsung ke Ditjen Pemasyarakatan. Corby dan Renae masing-masing diusulkan mendapatkan remisi selama dua bulan. Menurut Wiratna, tertundanya putusan remisi terkait Corby pemilik 4,2 mariyuana telah menerima 31 bulan remisi. Ia juga mendapat grasi berupa potongan hukuman 5 tahun dari vonis 20 tahun. Narapidana lain yang diusulkan menerima remisi dua bulan yaitu WN Perancis, Jeane Patrick Lauren. (dtk/njs)

Jokowi Berjalan Tembus Banjir

kbAr dinilai sudah melontarkan kritik destruktif terkait pencalonan Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, sebagai calon presiden. “Saya usul supaya Akbar itu diberi teguran atau sanksi secara organisatoris. Tapi mudah-mudahan tidak sampai ke situ dan Akbar kembali ke khitahnya sebagai seorang tokoh yang dihormati,” kata Muladi di kediamannya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, (25/12). Muladi yang pernah menjadi Rektor Universitas Diponegoro Semarang itu menegaskan tidak semua anggota Dewan Pertimbangan sepakat dengan Akbar yang tidak setuju dengan pencalonan Aburizal

Bakrie sebagai capres Partai Golkar. Dia yakin, yang sependapat dengan mantan Ketua Umum Partai Golkar itu hanya segelintir orang saja. “Karena saya juga banyak berhubungan dengan mereka, saling kontak dan telepon,” jelasnya. Mantan Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) ini menegaskan posisi Akbar bukanlah seorang Ketua Dewan Pembina yang permintaannya harus ditaati oleh DPP.

Akbar tidak boleh memposisikan dirinya lebih tinggi dari DPP. “Silakan beri nasihat, saran, kritik, konstruktif kalau bisa tertutup akan diterima dengan baik. Tidak dengan mengumbar suara yang menimbulkan kegoncangan,” ujarnya. Sebelumnya, Akbar Tandjung mengkritik keputusan Rapimnas III Partai Golkar yang memutuskan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden tunggal dari Partai

Golkar di Pilpres 2014 mendatang. Akbar menilai keputusan itu tidak kuat karena hanya melibatkan Dewan Pengurus Daerah I tingkat provinsi. Selain itu, Akbar mengatakan bahwa suara Partai Golkar tidak hanya di DPD I, melainkan juga DPD II tingkat kabupaten dan kota yang harus didengarkan dalam proses pengambilan keputusan terkait capres 2014. (viva/njs)

Bom Berdaya Ledak Tinggi di Pos Polisi POSO-Kepolisian menyatakan, bom rakitan yang ditemukan di Pos Pengamanan Natal dan Tahun baru di Jalan Pulau Sumatera, Poso, Sulawesi Tengah, Selasa, (5/12), berdaya ledak tinggi atau high explosive. Kepastian itu diketahui setelah tim Jihandak Gegana Brimob Polda Sulteng selesai mengurai bahan bom tersebut. “Ya memang bom yang ditemukan tadi pagi berdaya ledak tinggi,” kata Kapolda Sulawesi Tengah, Brigadir Jenderal Polisi Dewa Parsana melalui pesan singkat. Bom yang dirangkai dalam jerigen berukuran 5 liter

tersebut, kekuatannya dua kali lebih besar dibanding ledakan bom yang pernah meledak di Pos Polisi Lalu Lintas Smaker, 22 Oktober silam. Beruntung, bom tersebut ditemukan dan berhasil dijinakkan sebelum pukul 07.30 WITA. Sebab, pada jam itulah bom tersebut akan meledak. Seperti diketahui, sebuah teror bom kembali terjadi di Poso, persis di puncak perayaan hari Natal 2012. Bom tersebut ditemukan di bawah tempat duduk di Pos Pengamanan natal dan Tahun Baru di pusat Kota Poso. Bahan dari bom tersebut adalah bubuk urea nitrat,

ratusan paku berukuran 13 sentimeter. Selain itu, terdapat kabel yang menghubungkan dari jerigen ke timer peledak, detonator serta sebuah telepon genggam yang diduga sebagai pemicu. Seluruh benda mencurigakan itu kemudian diamankan ke Mapolres poso. Polisi hingga saat ini belum mengetahui motif peletakan bom rakitan tersebut. Namun diduga sasaran bom tersebut adalah anggota polisi, dengan tujuan untuk mengacau keamanan. Polisi saat ini masih menyelidiki kasus tersebut serta melakukan pencarian terhadap pelaku. (viva/njs)

Soal Pencopotan Sebagai Bupati

JAkArTA - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menyambangi lokasi banjir di Bidara Cina dan Tebet, kemarin. Tidak hanya memantau, Jokowi juga ikut berkeliling dengan perahu karet maupun berjalan menembus banjir. Jokowi dan istrinya harus menaiki perahu karet untuk memantau langsung lokasi banjir di wilayah Bidara Cina, Jakarta Timur. Warga yang antusias sontak mengelilingi perahu tumpangannya tersebut. Anak-anak kecil yang sedang bermain di air banjir meneriakkan namanya. Air mencapai ketinggian sekitar dua meter di wilayah yang langganan banjir setiap tahunnya ini. Curah hujan yang tinggi dan air kiriman dari Bogor menyebabkan wilayah ini selalu tergenang. (viva/njs)

Iwan Fals Tak Tertarik Capres Alternatif PKB JAkArTA- Penyanyi legendaris, Iwan Fals, salah satu tokoh yang sedang didekati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai tersebut berusaha membangun komunikasi dengan Iwan Fals untuk dijadikan salah satu calon alternatif Calon Presiden 2014 mendatang. Mengenai hal tersebut, pihak Iwan Fals yang diwakili istri sekaligus manajernya, Rosana, atau biasa disapa Mbak Yos, mengaku belum mengetahui hal tersebut. Di samping itu, menurut Mbak Yos, pihak Iwan tidak tertarik dengan tawaran tersebut. “Waduh nggak ada tanggapan apa-apa ya. Bang Iwan nggak ada keinginan ke situ [dunia politik],” katanya saat dihubungi, kemarin. Mbak Yos pun tak mau bicara banyak soal rencana PKB tersebut. Menurut wanita berjilbab ini, suaminya hanya berkonsentrasi pada dunia musik. Apalagi, saat ini Iwan sedang fokus dengan proses pembuatan album. “Jadi nggak kepikiran. Kegiatannya sekarang mempersiapkan album baru,” tuturnya lagi. Sebelumya, Wakil Sekjen PKB, Malik Haramain, menegaskan pihaknya akan membangun komunikasi dengan Iwan Fals. Menurutnya, setiap warga berhak maju sebagai Capres, tak terkecuali musisi tersebut. Tak hanya Iwan Fals, PKB pun melirik Raja Dangdut Rhoma Irama sebagai salah satu Capres alternatif 2014.

(viva/njs)

Aceng Siap Lawan DPRD Garut

GArUT-DPRD Kabupaten Garut, Jawa Barat, merekomendasikan pemecatan Bupati Aceng Fikri. Bupati yang terpilih dari jalur independen itu dinilai melanggar etika dan undang-udang terkait pernikahan siri kilatnya dengan Fani Oktora. Namun, Aceng tidak tinggal diam. Dia menyatakan siap melawan keputusan yang diambil oleh DPRD tersebut, karena menilai pelengseran itu tidak pantas dia terima. “Saya siap untuk memberikan pembelaan terhadap nasib saya sendiri, karena ini akan jadi hal buruk se-Indonesia,” kata Aceng saat berbincang, Selasa, (25/12). Menurut Aceng Fikri, desakan mundur dari

Pansus DPRD dan sejumlah warga Garut bermuatan politis. Tuntutan tersebut belum tentu sesuai dengan peraturan yang ada. “Apabila sedikit-sedikit dipansuskan demi kepentingan politik, apa jadinya negara ini?” ucap Aceng. Aceng akan menuntut keadilan atas putusan DPRD itu. Sebab, menurut dia, sanksi yang diberikan harus sebanding dengan apa yang telah dia lakukan. “Coba kaji UU Nomor 1/74 yang dianggap saya langgar, tidak ada konsekuensi hukum pelanggaran etika,” kata dia. “Jangan distigmakan seolah-olah saya mengkhianati. Justru saya dalam rangka menjalankan syariat Islam. Berdasarkan agama yang saya yakini, pernikahan saya ini sudah sah,” tuturnya. Menurut dia, pernikahan sirinya dengan Fani Oktora yang menjadi kontroversi memang tidak dicatatkan ke Kantor Urusan Agama. Namun, Aceng menjelaskan, berdasarkan aturan, konsekuensinya hanya memberi ganti rugi sebesar Rp7.500. “Saya tekankan kepada orang, kalau masih belum tahu persis kronologi jangan buru-buru melempar pernyataan,” kata Aceng. (viva/njs)

Bung Karno dan Gus Dur Presiden Paling Toleran JAkArTA– Hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI Network) yang dilansir Minggu, 23 Desember, menyatakan bahwa Soekarno dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) merupakan presiden paling toleran sepanjang pemerintahan Republik Indonesia. Peneliti LSI, Adjie Alfarabi, mengatakan Presiden Soekarno memperoleh penilaian tertinggi dalam hal Presiden paling toleran terhadap keberagaman agama, yaitu 82 persen. Di bawahnya, Gus Dur memperoleh 81 persen, Soeharto 75 persen, Megawati Soekarnoputri 52 persen, BJ Habibie 42 persen, dan Susilo Bambang Yudhoyono 41 persen. Terkait toleransi terhadap keberagaman ideologi, Soekarno pun dinilai paling toleran, di mana sebanyak 85 persen responden memilihnya. Selanjutnya menyusul Gus Dur 83 persen, Susilo Bambang Yudhoyono 55 persen, BJ Habibie 54 persen, Megawati 53 persen, dan Soeharto 21 persen. “Publik menilai hanya Bung Karno dan Gus Dur yang surplus di atas 50 persen melindungi keberagaman primordial dan ideologi. Sementara Pak Harto juga surplus 50 persen melindungi primordial, namun justru minus di atas 50 persen dalam melindungi keberagaman ideologi. Antikomunisme di era Pak Harto sangat kental sekali,” kata Adjie dalam konferensi pers di kantor LSI Network, Jalan Pemuda, Jakarta Timur. Survei bertajuk ‘Dicari Capres 2014 yang Melindungi Keberagaman’ ini digelar LSI Network bekerja sama dengan Yayasan Denny JA, menggunakan metode multistage random sampling dan instrumen quick poll LSI. Survei ini mengambil 440 responden dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, dengan margin of error 4,8 persen. (viva/njs)


Operet

Rabu, 26 Desember 2012

Kisah Seleb Berburu Rezeki di Tahun Baru

Widyawati Menginspirasi

BAGI beberapa selebrita, Tahun Baru adalah kesempatan untuk mengumpulkan pundipundi keuangan mereka. Bagaimana tidak? Biasanya di Tahun Baru, para seleb yang diminta mengisi acara di malam menjelang Tahun Baru menaikkan honor beberapa kali lipat dari biasanya. Hal ini tidak dibantah presenter kenamaan, Indra Bekti. Menurut Indra, ia menganggap momen Tahun Baru telah menjadi peruntungan tersendiri untuknya. “Biasanya menjelang tahun baru, ada saja orang yang memberikan pekerjaan. Dan pastinya aku memberikan harga khusus, misalnya menaikkan harga dua atau tiga kali lipat dari honor biasa,” kata Indra saat ditemui di Dunia Fantasi, Jakarta Utara. Namun, Indra menegaskan harga mahal tersebut dipastikan tak akan sia-sia bagi panitia yang mengundangnya. Ia akan tampil total dan mempersiapkan penampilannya dengan matang. “Pastinya harus memberikan hasil yang terbaik,” ungkapnya senang. Tak hanya Indra Bekti saja, Maia Estianty dan Duo Maia pun melakukan hal yang sama. “Tahun baru pasti menaikkan honor jauh lebih besar

KISAH cinta sejati artis Widyawati dan almarhum Sophan Sophiaan bakal jadi inspirasi dalam sebuah pergelaran operet bertajuk Badai Kasih. Operet ini merupakan kegiatan yang dibuat oleh organisasi bernama Perempuan Untuk Negeri (PUN). Nantinya, beberapa artis termasuk Widyawati juga ikut ambil bagian dalam pergelaran.

O

PERET Badai Kasih ini, yang buat Titin Watimena. Kisahnya menceritakan pasangan Badai dan Kasih. Ceritanya sangat dramatis, true story dan diinspirasi dari kisah cintanya Tante Widyawati dan almarhum suami,” ujar Yanti Airlangga, yang juga Ketua Umum PUN di sela-sela latihan operet Badai Kasih di studio Rossy Musik, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (19/12). Beberapa artis seperti Marcell Siahaan, Widyawati, Citra Darwis dan juga Tohpati terlibat di dalam operet ini. “Ada tante Widyawati, juga ibu-ibu yang ingin sekali membuat drama kasih sayang. Ingin menciptakan kuasa cinta. Kisah ini kisah cinta sejati, jadi cerita ini sangat berharga,” sambungnya. Kisah cinta Widyawati dan Sophan Sophiaan dianggap sebagai sebuah inspirasi yang baik

dan menjadi panutan bagi pasangan muda untuk bisa menjadi seperti keduanya. “Cinta itu dalam satu hal langka apa yang mereka jalani. Sampai saat ini kesetian mereka masih tetap ada sampai saat ini. Walaupun cinta mereka akan tetap ada,” katanya lagi. Lalu, bagaimana reaksi Widyawati saat tahu kisah cintanya bersama dengan suami dijadikan inspirasi? “Waktu pertama kali bilang ke Tante Widya, dia mengenang saat beliau bersama sang suami. Alhamdulillah Tante Widya menerima sangat positif,” katanya. Perhelatan opera Badai Kasih akan diadakan pada tanggal 9 Februari 2013 mendatang di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Nantinya, akan ada dua pertunjukan dalam sehari yakni jam 4 sore dan jam 7 malam. (kpl/yul)

dari normal,” ucap Maia saat ditemui di lokasi yang sama. Menurut wanita yang masih berstatus istri Ahmad Dhani ini, strategi ini dilakukannya karena tuntutan profesi. Tak lain karena dirinya harus mengorbankan waktunya. “Walau hanya setahun sekali, tapi lumayan cukup menghilangkan waktu liburan saya untuk berkumpul bersama keluarga dan anak-anak,” terangnya. Akan tetapi hal ini tak dianggapnya sebagai beban. Maia dan rekannya justru melakukan hal yang sama dengan Indra, mereka akan memberikan penampilan yang terbaik. “Penampilan nanti akan lebih membahana,” paparnya. Namun sayang, saat dikonfirmasi, baik Indra atau Maia enggan menyebutkan nominal rezeki yang diterimanya itu. (yul)

HARSEM/KP

L

HARSEM/KPL

Angel Pieters

Menuju Pentas Idola Cilik 2013

PENYANYI jebolan Idola Cilik, Angelica Martha Pieters atau biasa dipanggil Angel tengah berbahagia merayakan Natal. Ia pun bercerita, perayaan Natal tahun ini berbeda dengan tahun lalu yang dihabiskannya dengan konser di Palestina. Kini, Angel punya lebih banyak waktu dengan keluarga. “Pas malam Natal aku dan keluarga ke gereja, terus ngerayain Natal sampai jam 12 malam,” ceritanya saat ditemui di Yayasan Anyo Indonesia, kawasan Slipi, Jakarta. Merayakan malam Natal sampai tengah malam memang sudah menjadi kebiasaan di keluarga Angel. Mereka juga biasa menghias pohon Natal bersama. Tahun ini, pohon Natal di rumahnya bertema gold. Selain itu, tradisi yang tak pernah terlupakan bagi Angel adalah saling tukar kado. “Per keluarga nyiapin kado. Ada yang anak kecil, dewasa, opa, dan oma juga. Kalau anak kecil dikasih cokelat, puzzle, atau baju, kalau opa oma dikasih syal,” cerita Angel dengan bersemangat. Ia memang antusias menyambut Natal tahun ini. Awalnya, pemenang kedua Idola Cilik itu berencana liburan bersama keluarga. Namun, karena banyak

kegiatan, ia pun memutuskan menikmati Natal di Jakarta. Baginya, Natal tahun ini merupakan berkah, karena ia mendapat banyak kejutan menarik. Tak lepas dari itu, Angel memiliki banyak permohonan dan harapan di Natal tahun ini. “Banyak wishes-nya, tapi yang jelas saya berharap jadi a better person. Semoga teman-teman semua juga bisa merasakan kasih serta hidup yang sejahtera, semua keinginan bisa tercapai,” harapnya. (yul)

Suara Rafli Mengiris Hati

HARSEM/TEGUH ARGARI BISONO

Natal Penuh Kejutan

Rafli saat pentas di SDN Batursari 7, Mranggen, Demak SUARA Alfandy Himawan Bagus Rafli belum ini saat pentas Menuju Pentas Idola Cilik 2013 di RCTI dinilai baik oleh para juri. Bahkan Kak Winda, menyebut suara Rafli, begitu nama akrabnya, ibarat golok saat menembangkan lagu Damai milik d’ Masiv. “Ryan d’ Masiv saat menyanyikan lagu itu begitu mengiris perasaan, ibarat pisau. Namun suara Rafli lebih dari itu, bisa seperti golok,” ungkap juri yang juga penyanyi bertubuh mungil itu. Untuk lagu-lagu melow memang sudah jadi santapan sehari-hari buat siswa SD Batursari 7, Mranggen, Demak itu. Pelajar kelas 6 itu menggemari lagu-lagu Kerispatih. Yang perlu dibenahi dari penyanyi cilik ini hanya ekpresinya belaka, agar tampil lebih memesona di atas panggung. Saat ini ibu gurunya, Talita, sedang terbaring sakit di RS di Semarang, karena keracunan ginjal, sehingga harus rutin cuci darah. “Bu Talita inilah yang mengajari Rafli

nyanyi,” ungkap Lilik Amperawati, salah seorang guru Rafli. Maka Rafli bertekad untuk lolos ke pentas Idola Cilik, untuk memberi kado yang berharga bagi gurunya yang sedang terbaring sakit. Rencananya, Jumat (28/12), Rafli akan tampil lagi di pentas Menuju Idola Cilik 2013, dengan menyanyikan lagu Bintang di Surga yang populer dilantunkan Peterpan. Saat ini posisinya sudah ada di tiga besar di grupnya. Kalau warga Demak dan Jawa Tengah ingin Rafli tetap lolos ke babak berikutnya, tentunya diharapkan mengirim SMS dukungan ke 6288 dengan mengetik IC RAFLI. Tampilnya Rafli, mewakili pelajar Demak, tentu sangat membanggakan warga Kota Wali. Agar tetap melaju di pentas Idola Cilik, tak ada cara lain selain warga Demak dan penggemarnya harus beramai-ramai mendukung Rafli lewat SMS. (tab/yul)

Jl. Telaga Mas Raya 1B-8B, Tanah Mas - Semarang

Telp. 024-3562058 3543077

HARSEM/KPL

Festival Lawang Sewu

Email: livekaraoke18b@yahoo.co.id

Muri Masih Piawai Bernyanyi PENABUH drum grup legendaris Koes Plus, Muri, datang dan tampil di Semarang, tepatnya di acara Festival Lawang Sewu yang digelar salah satu produk rokok ternama, Minggu (23/12). Walau sudah tak seenerjik dulu, Muri malam itu masih sanggup memainkan drum membawakan beberapa lagu Koes Plus, diiringi Ekspresi Band Semarang yang notabene epigon dari grup tersebut. “Kegiatan bapak ya masih sering mentas di mana-mana, biasanya yang ngundang para penggemar Koes Plus yang ada di mana-mana,” tukas Rico, putra Muri yang malam itu juga menggantikan posisi sang ayah di balik set drum. Tak hanya memainkan drum, Muri

rupanya juga piawai berolah-vokal membawakan beberapa lagu. Simak saja nomor Kembali, Kisah Sedih di Hari Minggu, atau pun Buat Apa Susah dibawakan dengan santai dan sedikit jenaka. “Saya senang kalau diundang main ke luar kota, apalagi di Semarang banyak penggemar Koes Plus. Mungkin setelah ini kami bisa reunian lagi, itu pun kalau ada yang mensponsori,” tukas Muri saat diwawancara di balik panggung. Festival Lawang Sewu selain mengundang Muri Koes Plus, juga dimeriahkan sejumlah pengisi acara lainnya seperti Serempet Gudal, The Vansie, Reggae Sembilan, dan Orkes Keroncong Semarang. (hep/yul)

HARSEM/HERY PRIYONO

Muri tampil bernyanyi bersama Ekspresi Band, membawakan sejumlah tembang lawas milik Koes Plus.

2nd Floor, Thamrin Square, Jl. MH Thamrin No. 5 Semarang 50132 Telp. 024-3584202


HARIAN SEMARANG 261212  

26 Desember 2012

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you