Issuu on Google+

Langganan Rp 40.000/bulan Hubungi Lukman 024-74055917

EDISI 735 rAbu Pon, 25 Januari 2012 30 Shafar 1433 H Terbit 12 Halaman

Redaksi Telp 024-3518359, Fax. 024-3516531 Iklan & Sirkulasi Telp 024-3516531, 91507718 Fax. 024-3516531

hArsem/GeTTYImAGes

Dewan Borong Motor Rakitan SMKN 1 Semarang

Manchester city terjepit posisi manchester City terjepit jelang duel kontra Liverpool di semifinal Carling Cup, dinihari nanti. kekalahan 0-1 di etihad stadium pada pertemuan pertama, 12 Januari, membuat The Citizens wajib menang saat tandang ke markas liverpool di Anfield pada leg kedua ini. Selengkapnya baca halaman 11. (rif)

SejuMlah anggota DPRD Kota Semarang kemarin membeli motor karya anak SMKN 1 Semarang yang dinamai Auriga Esemka, dengan lisensi PT Kanzen. Dipelopori Ketua Komisi D Supriyadi, 8 sepeda motor tersebut diterima oleh Ketua DPRD Rudi Nurrahmat dan langsung dicoba dengan berboncengan bersama Wakil Ketua DPRD Djunaidi. “Suaranya halus dan nyaman,” ungkap Rudi usai mencoba motor dengan berkeliling halaman gedung DPRD. Produk anakanak SMK ini, imbuhnya, cukup bagus dan patut dibanggakan. Setelah anggota DPRD menggunakan motor ini, ia berharap Pemkot memanfaatkannya untuk operasional agar bisa menjadi contoh dan bisa digunakan masyarakat umum.

“Pemkot kami harap memesan motor ini, karena ini produk bagus. Jadi kelak masyarakat juga juga terdorong menggunakannya,” tambahnya. Kepala Sekolah SMKN 1 Semarang M Sudarmanto mengaku sangat bangga karena karya para siswanya mendapat apresiasi. Ia berharap hal ini bukan hanya sekadar seremoni namun bisa untuk lebih meningkatkan kualitas produk sehingga bisa digunakan oleh masyarakat Kota Semarang. Hingga kini SMKN 1 sudah memroduksi lebih 30 unit motor dengan harga off the road Rp 5,8 juta. Sedangkan untuk on the road dipatok sekitar Rp 8 juta.

Bersambung Hal 7

hArsem/IndrA prAbAwA

Ketua dprd kota semarang rudi nurrahmat bersama wakilnya, h djunaidi, mencoba sepeda motor Auriga esemka rakitan siswa smkn 1 semarang

Bayi Dibuang di Gudang Oleh Abdul Mughis

hArsem/nInO AdIsUmArTO

Bondet terpincang-pincang setelah ditembak karena melawan polisi

Kelompok Mranggen Lumpuh di Ungaran

S

ungguh tidak bermoral orang tua si bayi mungil berjenis kelamin perempuan ini. Bagaimana tidak, bayi yang diperkirakan baru dilahirkan tiga hari lalu itu dicampakkan di sebuah gudang kosong di Jalan Pospogiwang I/02, Gisikdrono, Semarang Barat, kemarin. “Saya mendengar seperti suara kucing meraung-raung, tapi begitu saya cek ternyata sesosok bayi perempuan,” papar Gunawan (40), yang menemukan bayi ini pertama kali. Sekitar pukul 04.45 itu Gunawan usai menunaikan sholat subuh dan hendak masak. Saat itulah ia mendengar suara ;kucing’. “Suaranya persis kucing. Awalnya terdengar lamat-lamat, namun akhirnya jelas di telinga. Suaranya tak kunjung henti,” ungkapnya. Penasaran, Gunawan keluar rumah mencari sumber suara itu. Kondisi luar rumah saat itu masih gelap, karena baru beberapa saat selesai azan subuh. Sumber suara itu makin jelas asalnya, yakni di sebuah rumah kosong yang dijadikan gudang. Kecurigaan Gunawan kian beralasan. Suara itu adalah tangisan bayi, bukan suara kucing.

anggota Satreskrim Polres Semarang berhasil meringkus Mohamad Romandzi (25), warga Banyumeneng RT 01/RW 06, Mranggen, Demak. Tersangka diringkus setelah sempat menjadi buronan sejak 2009.

Bersambung Hal 7

WONGE DHEWE Asti Ananta

Jomblo & Jodoh AnnAStyA Yuntya Eka Wardhani, atau biasa disebut Asti Ananta, tampak terus jomblo. Tapi jangan salah, ternyata presenter murah senyum kelahiran Semarang, 19 Juni 1984, ini sudah punya jodoh. “Saya sudah ditakdirkan punya jodoh, tapi saya tidak mau menyebut,” terang Asti. “Manusia ditakdirkan berpasangan, jadi saya nggak mau pusing. Jadi sebut saja bahwa saya sudah punya jodoh,” ucapnya.

Bayi itu kini dirawat di rsb mardi rahayu hArsem/IndrA prAbAwA

Bersambung Hal 7

(rif)

hArsem/kpl

Aku Malu dan Menyesal Pembaca, aku yakin Anda tidak ingin mengalami nasib seperti yang kualami. Semua wanita pastilah tidak mau menjadi manusia hina. Sebut saja namaku Mawar. Di desaku di pinggiran Pati, aku terkenal cantik. Sejak SD aku sudah dikagumi. Semua kesengsem jika melihat parasku yang ayu. Ketika masuk SMP, aku semakin menikmati dipuja banyak orang. Rambutku yang panjang, hitam

tergerai, menambah keelokan jasmaniku. Teman sekolah maupun guru, tetangga maupun saudara, suka sekali membicarakan atau berbisik-bisik membahas keindahan rupaku. Orang-orang tak jemu memandangiku. Tidak perlu menjadi pakar psikologi untuk mengetahui akibat buruk terbuai kebanggaan. Ya, aku pun begitu. Yang kupikirkan dan kulakoni setiap hari hanya mematutmatut diri di depan cermin. Tak ada yang kuperhatikan selain kesempurnaan fisik.

Bersambung Hal 7

Ribuan Jamban untuk si Miskin Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat perlu dilakukan melalui berbagai upaya. Selain peningkatan pelayanan kesehatan dasar melalui Puskesmas, perlu ditempuh cara lebih mendasar yakni membiasakan masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama bagi masyarakat miskin yang dihadapkan pada keterbatasan ekonomi maupun sosial. Kondisi ini memunculkan ide bersama antara Pemkot, Undip, dan DP2K melalui program Kota Jaga (Kota Total Jamban Keluarga). Hal ini dimaksudkan agar setiap warga miskin memiliki jamban sendiri di masing-masing rumahnya sehingga akan memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat miskin.

Bersambung Hal 7

FOTO-FOTO: hArsem/IndrA prAbAwA

orangtua tak bertanggungjawab yang mencampakkan bayinya masih ada. Di mana mereka menaruh hati nuraninya?

Kapolrestabes kombes elan subilan menanyai Cholisoh dan suaminya. (Inzet) rumah yang dijaga Cholisoh

rekayasa penculikan

PRT Ayu Itu Dibui DeMi menjaga rumah tangganya agar tidak hancur, seorang pembantu rumah tangga bernama Sarubi Niati Cholisoh (26) ini nekat merekayasa laporan penculikan dan pencurian bayi dalam kandungannya.

Bersambung Hal 7

tiang listrik dan kandang ayam di desa pakopen yang roboh akibat terjangan angin ribut, kemarin pagi

Badai Terjang Tiga Kecamatan terjangan angin ribut yang terjadi ada Selasa (24/1) pagi, merusak puluhan rumah di tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Semarang,

Bersambung Hal 7

lawangsewu Jurusan Jakarta KA

Berangkat

Argo Anggrek

SmgTwg

12.00

Gambir

Argo Anggrek

Smg Twg

00.00

Argo Sindoro

Smg Twg

05.30

Argo Muria

Smg Twg

Sembrani

Gumarang

Jurusan Jakarta

Datang

Kelas

KA

Berangkat

17.54

Eks

Senja Utama

Smg Twg

20.00

Gambir

05.52

Eks

Fajar Utama

Smg Twg

08.00

P Senen

Gambir

11.25

Eks

Matarmaja

Smg Pcl

00.58

P Senen

16.00

Gambir

22.03

Eks

Brantas

Smg Pcl

19.30

T Abang

Smg Twg

23.03

Jkt Kota

05.25

Eks

Kertajaya

Smg Pcl

20.46

Smg Twg

12.00

Jkt Kota

18.30

Eks Bis

Tawang Jaya

Smg Pcl

19.00

Jurusan Surabaya

Datang

Kelas

KA

Berangkat

Bisnis

Gumarang

Smg Twg

01.01

P Turi

14.51

Bisnis

Kertajaya

Smg Pcl

23.55

07.27

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

15.32

03.20

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

P Senen

05.10

Eko

Rajawali

P Senen

02.16

Eko

Sembrani

P Senen

03.02

2

RaBU, 25 Januari 2012 selasa, 26 Oktober 2010 Jurusan Kediri

Jurusan Bandung

Datang

Kelas

KA

Berangkat

05.22

Eks Bis

Harina

Smg Twg

P Turi

04.40

Eko

P Turi

19.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

08.45

03.32

P Turi

07.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

17.00

Smg Twg

08.25

P Turi

12.50

Eks

Smg Twg

02.21

P Turi

06.34

Eks

Kelas

KA

Berangkat

16.08 04.28

Eks

Brantas

Smg Pcl

Bjnegoro

12.26

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

05.00

Bjnegoro

20.48

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

13.00

Datang 07.30 20.35

Bdg

Jurusan Bojonegoro

Jurusan Tegal

Datang 01.01

Kelas

KA

Berangkat

07.39

Eko

Kaligung

Smg Pcl

08.35

Tegal

11.33

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

17.00

Tegal

19.44

Bisnis

Solo Blpn

08.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

05.55

Tegal

08.45

Eko

Solo Blpn

16.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

13.00

Tegal

16.19

Eko

Kediri

Jurusan Solo

Jurusan Jombang

Jurusan Malang

Datang

Kelas

Dewan Rekomendasikan Tutup Galian C Tembalang PeNGeLOLaaN parkir umum di pinggir jalan Kota Semarang akan dibagi dalam tiga zona dengan tiga pengelola berbeda. Pembagian wilayah tersebut dimaksudkan agar pendapatan asli daerah (PAD) perparkiran tahun ini memenuhi target sebesar Rp 5,4 miliar. Kepala Dishubkominfo Kota Semarang Ednawan Haryono mengatakan pembagian tiga zona meliputi wilayah parkir bagian timur, tengah dan barat. Sedangkan untuk lelang pengelola parkir direncakana akan mulai dilakukan pada Jumat 27 Januari mendatang dengan pengumuman peserta lelang. “Pada lelang kali ini akan dipilih tiga pemenang lelang dan nantinya akan dibagi dalam tiga wilayah pengelolaan,” ujarnya kemarin. Ia mengatakan, tiga pemenang lelang nantinya akan menyetor di awal dengan total Rp 5,4 miliar. Masing-masing pemenang lelang akan menyetor dengan jumlah yang berbeda yang didasarkan pada potensi pendapatan parkir di wilayah masing-masing. Semakin besar potensi pendapatannya, semakin besar uang yang disetorkan kepada Dishubkominfo. Sementara terkait dengan percobaan pengelolaan parkir dengan pihak ketiga yakni PT Citra Setara Abadi (CSA), ia mengatakan, pengelolaan parkir tersebut memang sudah selesai. Namun karena ada kekosongan pemungut atau keterbatasan personel, Dishubkominfo memutuskan untuk tetap menggunakan PT CSA sebagai pengelola parkir dengan perjanjian per bulan. “Otomatis jika nanti dalam proses lelang sudah diumumkan pemenangnya, PT CSA akan berhenti memungut uang parkir,” jelasnya. (pru/jos)

Smg Pcl

21.29

Malang

06.31

Oleh ariel Noviandri

Setelah terbukti tidak mengantongi izin, dewan merekomendasikan kegiatan penambangan galian C di Bukit Sigarbencah, Kelurahan Bulusan, Kecamatan tembalang, ditutup. Selain perizinan, dampak pengeprasan bukit itu, akan berdampak terhadap lingkungan.

K

etua Komisi C DPRD Kota Semarang Zulkarnaini menegaskan, pihaknya merekomendasikan penambangan galian C di Bukit Sigarbencah ditutup. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut terbukti tidak mengantongi izin. Ia menambahkan, pelanggaran perizinan penambangan galian C tidak hanya di Bukit Sigerbencah. “Karenanya, secara umum, rekomendasi penutupan itu juga berlaku untuk tempat lain yang tidak ada izinnya. Seperti penambangan di Rowosari Tembalang,” tegasnya saat rapat bersama pemkot dan pihak penambang, di ruang serbaguna DPRD Kota Semarang, kemarin.

Menurutnya, penambangan galian C bisa dilakukan asal mengacu aturan yang berlaku. Artinya, dengan melihat peruntukan kawasan yang telah diatur dalam Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). “Sementara untuk izin penambangannya sendiri harus menunggu adanya Perda Galian C yang akan disusun oleh DTKP. Karena sekarang belum ada payung hukumnya, berarti tidak boleh ada aktivitas penambangan,” tandasnya. Dengan rekomendasi penutupan kegiatan penambangan itu, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono meminta ketegasan sikap dari Satpol PP.

28 Januari, Pasar Sampangan Lama Ditutup teRHItuNG 28 Januari mendatang, Pasar Sampangan lama ditutup bagi para pedagang. Dinas Pasar Kota Semarang telah mengedarkan surat edaran peringatan kepada pedagang Pasar Sampangan lama agar meninggalkan pasar tersebut dan menempati lokasi baru. Pantauan Harsem di lokasi Pasar Sampangan lama, kemarin, sejumlah pedagang sudah mulai mengosongkan kiosnya, meski masih banyak pedagang menggelar dagangannya. Sementara, di Pasar Sampangan Baru di Jalan Menoreh Raya belum ada transaksi jual beli, karena pedagang masih menata lapaknya. Suliyati (40), salah seorang pedagang mengatakan, dirinya sudah mendapatkan surat peringatan dari Dinas Pasar Kota Semarang untuk yang kedua kalinya, agar mulai pindah pada 20 Januari lalu. “Tapi karena para pedagang masih pada berjualan di sini, ya saya ikut saja, tenggang waktu untuk pindah ke Pasar Sampangan Baru sampai 27 Januari,” ujarnya. Suliyati mengaku, sudah melakukan persiapan untuk mengangkut beberapa barang dagangan dan menata kiosnya yang berada di Pasar Sampangan Baru. “Dari tempatnya memang lebih nyaman di Pasar Sampangan Baru, tapi tidak tahu apakah pembelinya nanti ramai apa tidak?,” ujar pedagang yang bakal menempati kios nomor 079 lantai 2 Pasar Sampanga Baru itu. Sementara, Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Abdul Madjid mengatakan, sesuai kesepakatan dari hasil rapat dengan para pedagang, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Satpol PP, Koramil, Polsek setempat, disepakati bahwa paling lambat 27 Januari pedagang sudah harus pindah. “Per satu Februari, pasar harus sudah kosong untuk kepentingan normalisasi sungai. Jadi kita harapkan pedagang agar segera berkemas untuk mengangkut barang dagangannya,” katanya. Madjid menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi untuk penghapusan aset daerah yang bakal dirobohkan untuk normalisasi sungai tersebut dengan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Semarang. “Untuk besar nilai berapa aset tersebut saya kurang tahu persis,” jelasnya. Madjid mengimbau agar para pedagang tidak usah khawatir dan takut pasar akan sepi pembeli. “Karena jika semua pedagang sudah pindah, maka para pembeli akan beralih ke Pasar Sampangan Baru. Selain itu, tempatnya juga lebih nyaman dan bersih,” tandasnya. (lif/jos)

woro-woro Sehat, Murah bersama Carrefour CaRReFOuR Srondol Banyumanik setiap hari Minggu mengadakan senam aerobik pukul 06.00 – selesai di pelataran parkir C4. Bagi pengunjung yang ingin mengikuti agenda rutin ini silahkan bergabung dan gratis.

Festival Drama Pelajar di IKIP PGRI teateR Gema IKIP PGRI Semarang akan menggelar Festival Drama Pelajar Tingkat Nasional, di kampus IKIP PGRI selama satu minggu pada 21-28 Mei 2012. Pendaftaran diterima hingga 15 Februari, di Sekretariat Teater Gema Jalan Lontar 1 Sidodadi Timur, Semarang Timur. Peserta festival dibatasi hanya 24 grup. Kontak panitia, Elly Amaliyah (085726905050) Ibrahim Bra (085642742033) Lindra Haryadiana (085642958584).

Latihan Pagar Nusa di MaJt IKataN Pencak Silat NU Pagar Nusa Kota Semarang bekerjasama dengan Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (Risma JT), mengadakan latihan rutin pencak silat di halaman utara MAJT setiap Minggu pukul 07.00-09.00. Latihan terbuka untuk umum. Selain di MAJT, latihan rutin juga di Gedung Serba Guna NU (Eks PKB Jateng) Jl Walisongo KM 11 Karanganyar Tugu Semarang. CP: Ichwan (024-70806622/081901116622).

Terpal baliho di Jalan Sugiyopranoto terkoyak dari rangkanya dan berkibar tertiup angin kencang hingga menyangkut lampu penerangan jalan umum. Jika tidak segera diperbaiki dikhawatirkan terpal akan jatuh dan membahayakan pengguna jalan

Eko

Bangunkarta

Smg Twg

22.32

Jombang

04.56

Eks Bis

“Jika memang masih terjadi pelanggaran, kami bisa mengundang walikota untuk menggelar hearing (dengar pendapat). Karena dewan punya hak interpelasi atau angket atas pelaksanaan program dan pertanggungjawaban peraturan daerah,” tegas Agung. Soal perizinan, Kasubid Pengawasan Kerusakan Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Semarang Bakoh Subandi menyatakan, meski bukan SKPD yang mengurusi perizinan, namun BLH tidak pernah menerima tembusan permohonan izin dari Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu (BPPT). “Dampak yang ditimbulkan atas kegiatan pengeprasan yakni hilangnya lapisan tanah atas sehingga jadi padat dan kurang subur. Selain itu, tidak ada upaya pencegahan erosi, muncul polusi udara serta keresahan warga akibat ceceran tanah di jalan,” paparnya. Sementara, dari pihak penambang, Public Relation Manager PT Dasa Wilis Raya, Didik Sukmono mengaku, penambangan itu hanya untuk memenuhi permintaan dari Kodam IV Diponegoro

HARSEM/CUN CAHYA

Pengelolaan Parkir Dibagi tiga Zona

Matarmaja

Sumber : DAOP IV Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

selaku pemilik lahan. “Kalau Dasa Wilis Raya, disposalnya (pembuangan) untuk pengembang perumahan Graha Estetika. Untuk aktivitas pada Januari ini, kuantitas pekerjaan sudah jauh berkurang. Kami hanya melakukan pekerjaan, kalau ada permintaan dari Kodam saja,” ungkap Didik. Dalam rapat yang digelar di ruang serbaguna DPRD itu, hadir dua penambang di Bukit Sigarbencah yakni PT Adhi Karya dan PT Dasa Wilis Raya. Di samping itu, juga hadir dari SKPD terkait seperti BLH, BPPT, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Energi, dan Sumber Daya Mineral (PSDA dan ESDM), Kecamatan Tembalang dan Kelurahan Bulusan. Sebelumnya, Komisi C DPRD Kota Semarang melakukan sidak atas maraknya penambangan galian golongan C di Bukit Sigarbencah. Sidak itu dilakukan karena, dewan menilai, pihak penambang tak mengantongi izin dari Pemkot Semarang. (jos)

Pembebasan Bengkok terkendala Birokrasi HINGGa Selasa (24/1) kemarin, pembebasan eks tanah bengkok di Kelurahan Pakintelan Gunungpati bagi warga Deliksari belum bisa dilakukan. Hal itu diakui oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kota Semarang, Adi Trihananto, saat rapat kerja dengan Komisi A DPRD Kota Semarang, kemarin. Ia mengatakan, surat permohonan pelepasan aset yang telah ditandatangani Walikota Semarang Soemarmo HS sampai sekarang belum sampai ke instansi teknis. “Kami tidak bisa menerangkan lebih lanjut, surat yang ditandangani walikota itu belum kami terima,” ungkapnya. Namun, lanjut Adi, pemkot tetap serius untuk melepas asetnya berupa eks tanah bengkok itu yang ditunjukkan dengan upaya pengukuran lahan untuk tempat relokasi warga Deliksari. Selain itu, sebanyak 32 kepala keluarga kampung Deliksari tersebut juga sudah menyerahkan surat hibah tanahnya kepada pemkot. “Pemkot tetap siap menyerahkan asetnya (eks tanah bengkok di Pakintelan) kepada warga Deliksari. Cuma tinggal persoalan waktu untuk menyelesaikan masalah itu,” jelasnya. Meski begitu, Komisi A DPRD Kota Semarang mendesak upaya pelepasan aset itu segera dilakukan dan tidak terkendala lagi dengan jalur birokrasi.

“Katanya sudah ditandatangani, tapi kenapa belum diserahkan. Saya menilai persoalan di Deliksari itu merupakan hal yang mendesak. Semestinya jajaran pemkot harus segera menanganinya. Kalau seperti ini, masalah relokasi akan molor,” ujar Ketua Komisi A DPRD Kota Semarang, Didik Marsudi. Mengenai nasib warga di kampung Tinjomoyo, ia menjelaskan, empat kepala keluarga warga yang akan menempati eks tanah bengkok di Jalan Gotong Royong Tinjomoyo hanya bersifat relokasi sementara. Hal itu sangat berbeda dengan yang dialami oleh warga Deliksari di mana pemkot akan memberikan lahan eks tanah bengkok Pakintelan sebagai bentuk hibah. “Warga Deliksari akan diberi tanah secara sukarela, masing-masing kepala keluarga bakal mendapatkan lahan seluas 100 m². Sedangkan warga Tinjomoyo, pemkot meminjamkan lahannya saja,” terangnya. Seperti diketahui, dari hasil pengukuran lahan di Pakintelan, ada kelebihan luas tanah sekitar 432 m². Semula Pemkot menaksir luas bengkok di Pakintelan 4.342 m², ternyata setelah disurvei ulang oleh BPN menjadi 4.770 m². Dengan adanya kelebihan tanah itu, Komisi A DPRD Kota Semarang meminta pemkot segera mengurus sertifikatnya ke BPN. (ano/jos)

Seluruh SKPD Tandatangani Pakta Integritas SeLuRuH kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD0 jajaran Pemerintahan Kota Semarang menandatangani dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) tahun anggaran 2012 dan pakta integritas. Penandatanganan dilakukan di Gedung Moch Ihsan lantai 8 kemarin. Walikota Semarang Soemarmo HS mengatakan, terdapat empat poin yang wajib dilaksanakan dan akan menjadi rambu-rambu dalam pengelolaan anggaran di masing-masing SKPD. Ke-empat poin tersebut, pertama seluruh pengguna anggaran harus melaksanakan tugas dan anggaran secara tepat waktu, tepat sasaran dan efisien. Kedua tidak ada praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) mulai dari pejabat paling tinggi hingga paling bawah. Ketiga, lanjut walikota, kegiatan harus tepat jumlah dan sasaran pada masyarakat yang membutuhkan serta transparan dan tertib administrasi. Sedangkan ke-empat yakni siapa pun

yang melanggar pakta integritas harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan mendapatkan sanksi sesuai dengan apa yang diperbuat. Walikota menambahkan, pakta integritas ini diharapkan tidak hanya menjadi slogan namun benar-benar harus dilaksakanan oleh semua pengelola anggaran. Penandatanganan pakta integritas ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh pemkot dan akan terus dilakukan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih. “Tahun lalu tidak ada penandatanganan pakta integritas, tetapi tahun ini dilakukan dan seluruh pimpinan SKPD harus menyampaikannya kepada kepala bagian dan staf di bawahnya agar mereka juga mengetahuinya,” katanya Terkait dugaan kasus suap yang menjerat Sekda Nonaktif dan dua anggota DPRD kota Semarang beberapa waktu lalu, walikota menegaskan harus bisa diambil hikmahnya. “Diambil yang baik, yang jeleknya dibuang. Namanya manusia

HARSEM/PRiHATi PUJi UTAMi

Walikota usai menandatangani DPA tahun anggaran 2012 dan pakta integritas di Gedung Moch ihsan lantai 8 kemarin pasti ada kekeliruan dan kesalahan sebab itu harus ada perbaikan,” tandasnya. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota

Semarang Ednawan Haryono mengatakan, penandatanganan pakta integritas merupakan langkah yang bagus agar seluruh pihak bekerja lebih baik. (pru/jos)

Pemimpin Umum/Pjs Pemimpin Redaksi: Andy Suwanto Dewan Redaksi: H Noor Achmad, Iwan Haryanto, Arief Mudzakir, Andy Suwanto, Redaktur Pelaksana: Saefudin, Sugayo Jawama Litbang: Iriyanto Redaktur: Arief Firhanusa, Bagus Panji Buana, Dwi NR, Panji Joko Satrio, Puji Joko Sulistyo, Sardi AK, Teguh Argari Bisono, Tri Wuryono Koordinator Liputan: Poltak Sinaga Wartawan: Abdul Mughis, Ariel Noviandri, Aris Wasita Widiastuti, Hery Priyono, Lissa Febrina, Mohammad Ichwan, Nur Hidayat, Prihati Puji Utami, Sokhibun Ni’am, Wara Merdekawati, Wikha Setiawan, Wiwig Prayugi Kontributor: Nino Adisumarto (Ungaran), Sukma Wijaya (Demak), Heru Santoso (Salatiga) Pewarta Foto: Cun Cahya, Indra Prabawa Desain dan Lay Out: Anton Sujarwadi, Prasetya Widodo, Muhammad Fatoni, Ajie Mahendra, Omegantoro Anggraito Penerbit: PT Semesta Media Pratama Berdiri sejak Pendiri Pemimpin Umum Wakil Pemimpin Umum

: : : :

10 Agustus 2009 H Suwanto, SE, MM

Andy Suwanto, MBA

Pemimpin Perusahaan: Andy Suwanto, MBA Direktur Utama: Iwan Haryanto Keuangan: Dwi Arum Dhati (Manajer), Mulyono, Septiyarini Aksari Distribusi & Sirkulasi: Much Lukman, G Hendra, Aries Kunarto, Ririn Setyowati Promosi dan Iklan: Dyah Purnasari General Affair: Viddy Yusafiadi Alamat Redaksi: Jl KH Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Floor 1-3 Semarang Telp: 024-3512771, Fax. 024-3516531 Iklan dan Sirkulasi: 024-3518359 E-mail: redaksi@hariansemarang.com, harian.semarang@ yahoo.com Website: www.hariansemarang.com

Nugroho PS

Wartawan Harian Semarang selalu dibekali tanda pengenal dan dilarang menerima atau meminta sesuatu dari narasumber

AYO MBANGUN KUTHO

3

RABU, 25 Januari 2012

Lahan Longsor akan Dihijaukan lakone Sutrisni

Ketua TP PKK Muktiharjo Lor

Ajak Gemar membaca WANITA berusia 43 asal Pati ini mempunyai cita-cita yang sangat mulia. Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Muktiharjo Lor, yang akrab dipanggil Tri Sutrisno ini kepingin seluruh warganya gemar membaca. Karena dengan gemar membaca, semua ilmu bisa diperoleh. ”Dengan membaca seseorang akan mampu menguasai berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, karakter seseorang pun akan terbentuk dengan gemar membaca,” tegasnya. Atas keinginannya itu, dengan dibantu ibu-ibu PKK dan staf kelurahan, dirinya merencanakan adanya motor perpustakaan keliling. Fungsinya, agar masyarakat yang kepingin membaca tidak harus pergi ke Rumah Pintar Mukti Lestari, tetapi petugas perputakaan yang berkelilingi mendatangi warga. ”Tentunya warga bisa belajar di rumahnya masing-masing. Sayangnya, buku yang kami miliki belum begitu banyak, sehingga masih harus mencari bantuan buku-buku lagi,” ucapnya. Disinggung tentang keberadaan rumpin, ia yang baru tujuh bulan menjadi ketua TP PKK ini menyatakan, rumpin yang ada bersifat multifungsi. ”Selain berfungsi sebagai sarana pengembangan minat baca anak, keberadaan rumpin juga berperan dalam pengembangan kreativitas anak. Juga untuk mengembangkan pendidikan karakter bangsa, yang harus diperkenalkan sejak dini,” jelasnya. Ditambahkan, rumpin di wilayahnya juga difungsikan sebagai gedung serbaguna, seperti pengajian, belajar membaca dan menulis Alquran, belajar membatik, komputer, dan berbagai keterampilan lainnya. ”Peralatan untuk belajar membatik sudah tersedia lengkap. Jadi warga yang ingin belajar membatik tinggal datang ke rumpin,” tambahnya. (gus)

TINJOMOYO-Lurah Tinjomoyo, Samanah mengatakan, lahan di wilayah RT 04/RW 04 tepatnya bekas rumah milik Suyatno dan Sukamti yang beberapa waktu lalu longsor akan dijadikan lahan penghijauan. “Karena lahan tersebut sudah tidak memungkinkan untuk dijadikan tempat tinggal, sehingga akan dijadikan tempat penghijauan. Kita ambil alih

sebagai lahan penghijauan untuk mengantisipasi bahaya longsor yang ada di wilayah ini mengingat dua rumah warga sudah longsor dan amblas,” katanya, kemarin. Dijelaskan, lahan tersebut sengaja dijadikan lahan penghijauan agar longsor tidak mengancam rumah warga lainnya. Pihak kelurahan telah mendapatkan bantuan 300 bibit tanaman keras dari dinas

pertanian yang akan ditanam di lahan longsor serta sepanjang Sendang Wewe. Jenis tanaman yang akan ditanam, katanya, merupakan tanaman keras, seperti jati, jabon dan mangga. Diharapkan dengan adanya pohon tersebut dapat mengurangi risiko longsor yang membahayakan rumah lainnya, terutama yang berada di pinggir Sendang Wewe.

“Kondisi tanah di wilayah Tinjomoyo memang labil dan bergerak. Sehingga dengan adanya lahan untuk penghijauan ini dapat mengurangi longsor di Tinjomoyo,” lanjutnya. Sementara itu, lanjutnya, dua rumah warga yang terkena longsor dan dua warga yang terancam longsor rencananya akan direlokasi ke Tinjomoyo Timur. Pihaknya sudah

mengajukan permohonan ke PT Putra Wahid, mengingat 60% wilayah di Kelurahan Tinjomoyo merupakan milik PT Putra Wahid. “Karena tanah bengkok milik kelurahan sudah habis untuk relokasi warga RT 01/RW 01, sehingga warga yang terkena longsor ini akan kita ajukan permohonan pada PT Putra Wahid untuk pengadaan lokasi relokasi warga,” pungkasnya. (wam/gus)

Kali Asin Rawan Meluap Oleh Lissa Febrina

Kali Asin di wilayah Panggung Lor Minggu lalu meluap hingga meluber di pinggir jalan. Beruntung, warga bersama P5L berhasil menalud dengan karung pasir.

M

eMASuKI musim penghujan beberapa sungai besar di wilayah Panggung Lor rawan meluap. Seperti Kali Asin yang beberapa waktu lalu meluap hingga meluber di jalanan membuat warga sekitar cemas. Berutung, Pengelola Paguyuban Pengendali dan Penanggulangan Air Pasang Panggung Lor (P5L) bersama warga siaga menangani bencana tersebut. Kali Asin yang berada Jalan Lingkar Tanjung RW 02 yang Minggu lalu sempat meluber ke jalan raya langsung bisa ditangani bersama warga dengan mengumpulkan puluhan karung yang berisi pasir. Tujuannya untuk meminimalisir luberan air agar tidak sampai ke permukiman warga. Karena waktu itu kondisinya sangat mengkhawatirkan dan membuat warga resah. Pelaksana Lapangan P5L,

Odit Mariyuanto mengatakan, sejak melubernya air Kali Asin pada Minggu malam lalu semua anggota P5L bersama warga siaga satu. “Sesuai instruksi Pak Camat kami diminta rutin berjaga-jaga di malam hari. Apalagi jika hujan deras tidak berhenti para petugas P5L dilarang meninggalkan lokasi,” jelasnya. Dikatakan, selama ini kondisi wilayah Panggung Lor lebih rendah dibanding Kali Asin. Selain itu wilayah kelurahan lain juga lebih tinggi membuat Kelurahan Panggung Lor mudah digenangi air saat hujan deras. “Alhamdulillah, kalau tergenang selama ini airnya hanya bertahan sebentar. Meski di wilayah Panggung Lor terdapat 10 rumah pompa, dan 24 pompa air, pompa-pompa ini siap beroperasi menyedot air yang masuk ke wilayah Panggung lor,” ujarnya. Lurah Panggung Lor,

HARSEM/LISSA FEBRINA

Anggota P5L bersama warga Panggung Lor menyusun karung untuk mengantisipasi luapan Kali Asin pada Minggu malam lalu menyiapkan segala sesuatunya. “Ratusan karung sudah disiapkan dari Dinas PSDA beberapa waktu

Sumardi mengatakan, untuk mengantisipasi luberan air Kali Asin ke jalan, P5L sudah

Warga Kampung Deliksari

Mugasari Juara Dua Lomba Lingkungan Bersih

Bertahan Hidup di Tanah Gerak

HARSEM/LISSA FEBRINA

Seorang warga Deliksari masih tetap asyik memelihara kambng mereka meski daerahnya rawan longsor

SuKOReJO-Kelompok Ternak Mekar Sari, Kampung Deliksari, Kelurahan Sukorejo dan beberapa warga lainnya hingga kini masih tetap bertahan hidup di wilayah mereka. Padahal kampung mereka hingga kini kondisinya makin memprihatinkan. Tanah yang mereka tempati terus mengalami pergerakan sehingga rawan longsor dan retak-retak. Namun, para kelompok ternak terlihat tetap setia memelihara kambing mereka yang merupakan bantuan bergulir dari Dinas Ketahanan Pangan. Salah satunya Joko Susanto, warga RT 04/RW 06 yang juga Kelompok Ternak Mekar Sari. Dia membenarkan sekitar dua tahun silam dinas ketahanan pangan menyerahkan bantuan bergulir 30 kambing jawa kepada warga Deliksari. Bantuan tersebut tujuannya untuk memberikan kesejahteraan warga ke arah yang lebih baik. “Sayangnya, tidak semua warga aktif dalam memelihara kambing, dan hanya lima orang anggota saja yang aktif.

Alhamdulillah kambing tersebut masih ada dan juga sudah beranak pinak meski kandang kambing mereka telah bergeser berkali-kali akibat pergerakan tanah,” ujar Joko sembari memberi makan kambing-kambing peliharaannya. Dikatakan, meski sekarang hidup warga Kampung Deliksari susah karena lahan yang ditempati rawan longsor. Namun warga yang tergabung dalam Kelompok Ternak Mekar Sari ini masih ingin memperbaiki kondisi perekonomian rumah tangga mereka. “Dengan adanya bantuan ini kami ingin warga yang ikut dalam kelompok tersebut berusaha kambing-kambing bantuan ini bisa bergulir ke masyarakat lain. Jika ada keseriusan kambing-kambing ini bisa bertambah banyak,” ujarnya. Berdasarkan pantauan, setiap pagi dan sore, Joko yang sehari-hari bekerja serabutan ini selalu mencarikan rumput untuk memberi makan kambing-kambing ternak miliknya. “Untuk cari makan kambing, kami lakukan secara rutin,” imbuhnya. (lif/gus)

HARSEM/DOK

HARSEM/DOK

Perangkat se-Kecamatan Semarang Tengah belum lama ini mengadakan tasyakuran peresmian Kantor Kecamatan Semarang Tengah yang baru. Acara juga dimulai dengan pemotongan tumpeng dan dihadiri Camat Endro PM

MuGASARI-Lomba Lingkungan Bersih Sehat yang diselenggarakan Tim PKK Kota Semarang beberapa waktu lalu, Kelurahan Mugasari berhasil mendapatkan juara dua. Keberhasilan ini juga berkat dukungan masyarakat setempat, serta Tim K3 Kelurahan Mugasari khususnya yang menangani masalah kebersihan. Lurah Mugasari, Bambang Suyanto mengaku bangga dengan adanya prestasi ini. Karena kesadaran masyarakat cukup baik dan didukung dengan terbentuknya tim K3. “Kelurahan Mugasari memang memiliki tim K3, dan tim tersebut yang memantau kebersihan di lingkungan Mugasari. Mereka juga memotivasi warga untuk senatiasa menjaga kebersihan lingkungan,” katanya. Menurutnya, tim K3 selalu rutin mengadakan pertemuan tiap bulannya. Pertemuan tersebut juga diikuti ketua RT/RW dan yang sering dibahas mengenai kebersihan. “Dalam pertemuan itu biasanya juga membahas mengenai evaluasi kondisi Mugasari, dan juga menginformasikan kepada ketua RT wilayah mana yang masih kotor dan butuh perhatian khusus,” lanjutnya. Dikatakan, selain itu tim K3 juga selalu ikut memantau jentik dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). “Tim K3 ini terdiri dari perwakilan RW sebanyak dua orang. Untuk memotivasi warga, bersama kelurahan juga selalu mengadakan lomba kebersihan saat pitulasan,” jelasnya. Dituturkan, dalam penilaian lomba lingkungan bersih sehat ini meliputi kebersihan wilayah di Kelurahan Mugasari. Indikator di antaranya, rumah sehat dengan bebeberapa fasilitas yang ada, seperti air bersih, jamban keluarga, dan sebagainya. (wam/gus)

Atasi Genangan, Saluran Dibersihkan

HAlAmAn ini khusus disediakan bagi warga masyarakat, lembaga instansi pemerintahan dan swasta, lembaga sosial kemasyarakatan, lembaga keagamaan. Silakan kirimkan foto-foto kegiatan yang bernilai berita ke redaksi. Foto harap disertai keterangan singkat dan dapat langsung dikirimkan ke redaksi maupun via email: harian.semarang@yahoo.com. Redaksi akan memuat tanpa memungut biaya.

Alumni SMAN 1 Rembang yang tinggal di Semarang beberapa waktu lalu reuni di rumah salah satu anggotanya di Perumahan Jatisari Mijen. Acara tersebut sekaligus untuk menjalin silaturahmi antarteman lama

lalu, dan karung-karung itu digunakan untuk tanggul darurat,” ujarnya. (lif/gus)

SuMuRBOTO-Warga dan Paguyuban PKL Makmur Sejahtera Kelurahan Sumurboto belum lama ini kerja bakti massal membersihkan saluran. Kegiatan tersebut menindaklanjuti sering munculnya genangan air di Jalan Prof Sudarto tepatnya depan Kantor Kelurahan Sumurboto saat hujan deras. Ketua PKL Makmur Sejahtera, Suparman mengatakan, genangan air di Jalan Prof Sudarto selama ini sangat mengganggu pengguna jalan dan PKL. “Banyaknya genangan air ini sangat mengganggu bagi pengguna jalan. Selain itu ketika ada mobil lewat orang di sekitarnya bisa terkena air,” katanya. Suparman menambahkan, saluran yang ada di depan kelurahan itu sangat dangkal sehingga air dari arah timur maupun barat bertemu dan airnya tidak bisa naik karena tingginya sedimentasi. “Tetapi karena daerah tersebut dangkal sehingga airnya sampai meluber kejalan,” katanya Dikatakan, sebenarnya kalau aliran tersebut sampai ke jalan tol maka aliran menjadi lancar. Tetapi kenyataannya banyak saluran yang dangkal sehingga airnya tidak bisa lancar. “Untuk mengurangi adanya genangan air maka PKL akan mengadakan kerja bakti setiap minggunya tentunya akan dibantu oleh warga sekitar,” katanya. Semantara Camat Banyumanik, Sutrisno mengatakan, kegiatan ini menunjukkan adanya rasa persatuan dan kekompakan antara PKL dengan warga yang bahu-membahu untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan indah di wilayah Banyumanik. (wam/gus)

desakundi

RABU, 22 25 Agustus Januari 2012 senin, 2011

demak salatiga kendal ungaran purwodadi n

n

n

Tol Ungaran-Bawen Baru 5,4 Persen

Dak 2011 Belum Digunakan keNDal–Pada tahun 2012 ini, rencananya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) kembali akan mendapat dana aloksi k(DAK) dari pusat senilai Rp 38 millliar dan dana bantuan provinsi (banprov) sebesar Rp 28,3 milliar. Sementara pada tahun 2011 Dinas P dan K Kendal sudah mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) sebanyak Rp 37 milliar dan bantuan psenilai Rp 28 milliar. Namun dana itu belum digunakan. Kepala Dinas Pendidikan, Biyanto, mengatakan, dana DAK tahun 2011 belum sempat digunakan karena juklaknya terlambat turun. “Juklak baru turun bulan September 2011, padahal, DAK 2011 penggunaanya harus dilakukan secara lelang,” katanya. Biyanto menjelaskan, kasus terlambatnya turunya juklak DAK pendidikan juga terjadi di daerah lain sehingga mereka juga jarang yang berani menggunakan bantuan DAK karena waktu yang mepet karena jika dipaksakan untuk dijalankan maka hasilnya pasti kurang maksimal dan tidak selesai. ”Karena waktunya sangat mepet kita pastikan DAK pendidikan 2011 baru kita jalankan pada 2012 mendatang. Bahkan rehab sekolah rusak dari DAK 2010 juga belum selesai pada 2011 lalu. Ia menegaskan, di Kabupaten Kendal sedikitnya ada 554 ruang kelas sekolah dasar (SD) dan 85 ruang kelas sekolah menengah pertama (SMP) yang mengalami kerusakan. (ono/nji)

MI & BISNIS

n Terhambat Pembebasan lahan PTPN IX dan SDN kandangan Oleh Nino adisumarto PTPN IX masih menolak alat berat masuk lokasi proyek tol dengan alasan lahan belum dibebaskan. Dikhawatirkan proyek tol Ungaran-Bawen molor.

P

eNGeRJaaN proyek tol SemarangSolo ruas Ungaran-Bawen terkendala pembebasan tanah milik PTPN IX dan relokasi SDN Kandangan 02-04. Hal ini dikhawatirkan oleh kontraktor akan menyebabkan molornya jadwal penyelesaian proyek tidak sesuai jadwal yang ditetapkan dalam kontrak kerja. Kepala Lapangan PT Waskita Karya, Eko Suyono menjelaskan, dengan belum selesainya proses relokasi SDN Kandangan 02-04 dan pembebasan tanah milik PTPN IX, praktis akan mempengaruhi jadwal dan tahapan kerja pihaknya. “Seharusnya sejak awal kami sudah mengerjakan pengerukan tanah di lokasi SDN Kandangan, tapi belum adanya realisasi relokasi maka untuk sementara pekerjaan dialihkan ke lokasi lainnya,” terang Eko, kemarin. Dijelaskan, volume pengerukan tanah di Kandangan diperhitungkan mencapai 600.000 meter kubik, dengan kedalaman mencapai sekitar 30 meter. “Untuk itu saya berharap pihak TPT segera melakukan relokasi bangunan SDN Kandangan. Bila tidak segera dirolakasi sudah pasti akan berpengaruh jadwal pengerukan,” kata Eko. “Pengerukan itu sendiri merupakan

ENGAH

meningkat, Pelanggan listrik Prabayar

Dewan minta Pasar Rejosari Tradisional SalaTIGa–Rencana pembangunan Pasar Rejosari Salatiga, masih tanda tanya. Hal ini, Ekspose pertama yang dilakukan pihak investor PT Patra Berkah Itqoni, Malang Jawa Timur belum diterima DPRD Salatiga. Sebab dinilai mentah terkait perjanjian kerjasama antara investor dengan Pemkot Salatiga. Wakil Ketua DPRD Kota Salatiga, HM Faturahman ketika ditemui Harsem, di ruang kerjanya mengatakan, setelah mendengar paparan dari pihak investor pekan lalu, Komisi II DPRD Kota Salatiga mendapat mandat meninjau ke lapangan dan bertemu dengan pedagang. Sedangkan Komisi I bertugas melakukan pencermatan dan pengkajian perjanjian kerjasama, dan Komisi III mengkaji harga serta rencana fisik bangunan. “Semua komisi sudah mendapatkan mandat untuk mengkaji masalah perjanjian kerjasama pembangunan Pasar Rejosari. Ini dewan belum mengetahui draf perjanjian kerjasama. Waktu yang membuat pihak Pemkot Salatiga (eksekutif) dengan pihak investor. Sehingga, bisa saja setelah dewan turun lapangan, perjanjian kerjasama berubah sebagian atau total,” jelas Maman, demikian biasa disapa. Ditambahkan, yang sudah sepakat dengan perjanjian kerjasama adalah pihak Pemkot Salatiga dengan PT Patra Berkah Itqoni, tetapi pihak dewan belum menyetujui. Hingga kini DPRD Kota Salatiga masih menunggu surat dari eksekutif untuk melakukan pembahasan secara menyeluruh. Dari ekspose pertama kali itu, waktu yang diberikan 45 hari untuk memberikan jawaban ke dewan. Untuk memberikan masukan kepada investor, pihak dewan akan mencari masukan dari pedagang. Hal ini sesuai tugas-tugas dewan, yang salah satunya melakukan pantauan dan menyerap aspirasi masyarakat (hes/nji)

pekerjaan vital, karena di bawahnya nanti merupakan ruas jalur tol yang di atasnya akan dibangun over pass,” tambah dia. Eko menambahkan, pihaknya juga menyayangkan tertundanya pembebasan tanah milik PTPN IX. Pasalnya, hal itu berbuntut pada penolakan pihak PTPN terhadap proses mobilisasi alat berat PT Waskita Karya. “Padahal mobilisasi alat berat itu penting untuk mengerjakan jalur akses tol Bawen. Kalau mobilisasi alat berat tidak diizinkan melalui area PTPN, kami tidak mungkin dapat mengerjakan akses jalur tol Bawen,” ujarnya. Padahal, menurut Eko, selama ini pihaknya telah mengantongi izin pengerjaan proyek di lahan milik PTPN dari gubernur dan direktur PTPN pusat. Namun situasi di lapangan berbeda, petugas PTPN IX bersikeras menolak masukhya alat berat di lokasi. “Mungkin petugas PTPN IX belum menerima tembusan dari pusat,” ungkap dia. Menurut Eko, keterhambatan pembebasan tanah tersebut disebabkan belum adanya kesepakatan harga ganti rugi lahan. Informasinya yang diterima pihaknya, pemberkasan sudah dilakukan antara PTPN IX dengan pihak tim pembebasan tanah (TPT). “Katanya tinggal

HARSEM/DOK

Sejumlah alat berat masih melakukan pekerjaan awal proyek jalan tol ruas Ungaran-Bawen menunggu proses pembayaran, dan kami boleh memengerjakan di lokasi PTPN IX. Tapi nyatanya petugas menolak mobilisasi alat berat di lokasi,” katanya. “Masalah pembayaran ganti rugi memang masih simpang siur. Ada juga informasi yang menyatakan PTPN minta harga lebih, tapi ada juga yang mengatakan bahwa harga ganti ruginya belum ditetapkan tim apraissal,” tambah dia. Dikatakan, sejauh ini progres

pembangunan jalan tol ruas Bawen baru mencapai sekitar 5,4% dari total panjang 4 km, yang meliputi 1.015 meter jalur utama tol dan 3 km jalur akses keluar masuk tol. “Sebenarnya kami harapkan relokasi dan pembebasan tanah PTPN IX segera diselesaikan. Karena kami ingin menyelesaikan proyek ini sesuai jadwal yang ditetapkan dalam kontrak. Apalagi di ruas Bawen ini terdapat 1 under pass dan 5 over pass,” pungkas dia. (nji)

Mudik Berobat TBC, Ditangkap Distributor Pupuk Grobogan Bertambah HARSEM/SUKMA WIJAYA

SalaTIGa–Sejak diluncurkan program pelanggan listrik sistem prabayar oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Kota Salatiga, jumlah pelanggannya terus mengalami peningkatan tajam. Hingga pertengahan Januari 2012, jumlah pelanggan telah mencapai 5.900 pelanggan. Meningkat dibanding periode lalu tahun 2011 sekitar 2.400 pengguna prabayar. Manager PLN UPJ Kota Salatiga Totok Suharto mengatakan, jika dirata-rata, permintaan pemasangan baru dengan sistem prabayar berjumlah 300 rumah per bulan. Untuk peminat sistem ini yang dimulai pada 2009 selalu mengalami peningkatan. Selain itu, tidak ada batasannya karena sesuai dengan tujuan PLN, untuk mengikuti program yang sedang digalakkan tersebut. “Harapan kami, para pelanggan PLN dapat beralih kepada prabayar. Pasalnya, target kami sebanyak 200.000 pelanggan PLN bisa bermigrasi. Sistem prabayar ini, para pelanggan dapat mendapatkan keuntungan diantaranya akan dapat mengendalikan sendiri pemakaian listrik di rumahnya. Sedangkan, pulsa untuk mengaktifkan listrik sekarang ini sangat mudah diperolehnya,” jelas Totok Suharto, kemarin. Ditambahkan, dengan system prabayar ini, para pelanggan sudah tidak perlu lagi ada tunggakan pembayaran. Bahkan, tidak bisa disabotase oleh pelanggan lainnya serta tidak ada kesalahan ketika membaca meteran listrik. Untuk mengaktifkannya, para pelanggan dapat langsung membeli voucher pulsa mulai dari harga Rp 5.000 hingga Rp 1 juta dan mudah didapatkan di anjungan tunai mandiri (ATM) di bank maupun kantor pos terdekat. (hes/nji)

n

berusaha kabur ke Jakarta. Di sana saya jualan buah pepaya ikut saudara,” aku Temon di depan wartawan, kemarin. Lanjutnya, dia mengaku diringkus oleh polisi saat jajan di warung Dukuh Karang Gawang Mranggen. Kapolres Demak AKBP Sigit Widodo melalui Kasubag Humas AKP Sutomo Temon didampingi Kasubag Humas AKP menjelaskan, Temon Sutomo ketika memberi pengakuan merupakan DPO Polres selama 1,6 Demak-tersangka pencurian sepeda tahun. Sebelumnya motor yang sudah masuk daftar pencarian dia bersama adiknya, Umar (26), sekitar orang (DPO) ditangkap gara-gara pulang tanggal 3 Juli 2010, melakukan kejahatan untuk mengobati penyakit TBC-nya. curanmor. Tersangka bernama Sakuan alias Temon Mereka mencuri sepeda motor Yupiter bin Toha (29) warga Dukuh Gading Desa perak hitam bernopol H-2086-KN milik Candisari RT 05 RW 02 Mranggen, kemarin korban, Eko Lutfianto bin Suratman (24) ditangkap setelah 1,6 tahun melarikan diri ketika diparkir di rumah korban di Desa ke Jakarta. Tersangka pulang ke kampung Brambang RT 01 RW 02 Karangawen. halamannya, akibat menderita sakit TBC. Dalam pengejaran, Umar tertangkap, Bagi Temon, pelariannya di Jakarta namun Temon melarikan diri ke Jakarta. justru membuat dirinya makin tersiksa. Kendati demikian, polisi tidak putus asa, Selain menderita sakit paru-paru (TBC) terus memantau keberadaan Temon. yang dipikulnya, dia merasa bersalah “Akhirnya Temon ditangkap oleh kepada adiknya yang justru menanggung anggota Polsek Karangawen ketika jajan di kejahatannya sendirian. warung Dukuh Karang Gawang,” kata AKP “Setelah penangkapan adik saya, saya Sutomo. (swi/nji)

GRoBoGaN-Kabupaten Grobogan mempunyai areal sawah nomor dua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap. Dari paling timur perbatasan Kabupaten Blora yaitu Kecamatan Ngaringan dan paling barat Kecamatan Tegowanu berbatasan dengan Kabupaten Demak dan Kabupaten Semarang. Grobogan tebagi menjadi 19 Kecamatan, yang masing wilayahnya dua pertiga adalah persawahan, jadi tidak salah kalau Kabupaten Grobogan merupakan lumbung padi dan penyangga pangan nasional. Untuk memenuhi kebutuhan air sawah, pemerintah dari zaman Orde Baru sampai sekarang telah berhasil membangun beberapa bendungan, Di antaranya Bendung Dumpil, Bendung Kendung Ombo, Bendung Sedadi, dan Bendung Klambu, masing masing telah dikelola oleh Jratun. Dengan areal sawah, ribuan hektar, Grobogan untuk tahun 2012 mendapat alokasi pupuk bersubsidi dari pemerintah sebanyak 80 ribu ton, dan meningkat 5 ton dibanding tahun sebelumnya. Menurut penuturan Eddy Sudaryanto selaku Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Grobogan (24/1/2012),” untuk menyalurkan pupuk selama ini telah dilayani 12 distributor, yang menyebar di 19 Kecamatan, dan untuk lebih

meningkatkan, tepat waktu, tempat tempat, tepat kualitas, tepat harga, tepat mutu,dan tepat sasaran 6 ( enam ) tepat untuk tahun 2012 pihak produksen menambah 4 distributor lagi menjadi 16 distributor”,dan masing-masing menyalurkan kurang lebih 5 ribu ton pupuk. Lanjut Eddy, jadi lokasi wilayah kerja setiap distributor pun yang mengatur adalah produsen PT Pupuk Sriwijaya Palembang Cabang Jawa Tengah dan Dinas Pertanian hanya menerima tembusan. Sutrisno (53) selaku Penggiat Petani Caping Gunung dan Direktur LSM Mahardika Merah Putih, menyayangkan atas monopuli pihak produsen yaitu PT Pupuk Sriwijaya, yang menentukan sendiri nama distributor dan lokasi pendistribusiannya, tanpa melibatkan Dinas Pertanian, “Kan yang punya data rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK ) adalah Penyuluh pertanian, katanya, kepada wartawan. “Mana mungkin pupuk bisa tepat sasaran?” Maka Sutrisno mengajak semua elemen Petani Caping Gunung dan masingmasing juga ikut di Gapoktan untuk ikut mengawasi kinerja distributor di lapangan. Apabila ditemukan penyalahgunaan, elemennya segera melapor ke posko pengaduan dan akan ditindakjuti kita rekomendasikan ke pihak yang berwajib,untuk diproses. (pji/nji)

Reog Gondorio, Pentas Hingga Pantura keSeNIaN tradisional di Kabupaten Grobogan tidak hanya kesenian langen tayub, kentrung, dan angguk. Masih masih ada yang lain yang sekarang mulai menunjukkan gregetnya dalam memberikan perlawanan atas maraknya seni pop yang datangnya dari mancanegara. Menurut penuturan penggiat dan sekaligus pekerja seni Indro yang beralamat di Desa Bugel RT 07 RW 03 Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Jawa Tengah,(23/1), saat ini dia mempunyai anggota berjumlah 36 orang, dan bisa digelar menjadi 3 kelompok, baik seni barongan, gondorio, dan seni jaranan. “Perkakas dan properti pentas semua dibuat sendiri bersama anggotanya, baik

itu barongan, jaranan, maupun topeng, sehingga kelompok kesenian Singolelono ini tidak menggantungkan diri pada uluran pemerintah yang dirasa sangat kurang, imbuhnya. Tahun 2007 Indro dan kawan-kawan mulai mengembangkan inovasinya dengan menggelar pertunjukan, walaupun sekedar ngamen dari kampung ke kampung. Namun ternyata mendapat apresisi positif dari masyarakat Grobogan, bahkan sudah merambah ke daerah lain. Di antaranya Semarang, Demak, Kudus dan daerah Pantura lainnya. Ketika Harsem menanyakan perbedaan antara reog Gondorio dan reog Ponorogo, Indro menjelaskan, reog Ponorogo

memakai barong kepala singa dengan dadak merak di kepalanya. Sedangkan reog Gondorio hanya barong berupa kepala macan tanpa dadak merak. Untuk pementasan gondorio yang ditonjolkan adalah tarian golek, yang diperagakan gadis kecil yang dipangku oleh salah satu warok, dan terkadang melakukan gerakan akrobatik yang mendebarkan penonton. Sebagai contoh mengambil uang atau saweran yang diberikan oleh penonton dengan digigit dan diambil dengan mulutnya, begitu juga mengambil uang yang ada di lantai. Ke depan Indro akan menawarkan kerjasama dengan Dinas Pendidikan

dan Kebudayaan, untuk bersama-sama mengembangkan seni Gondorio di sekolah dari tingkat SD,SMP,dan SMA. Mengapa demikikian karena menurutnya bila anak didik diberi bekal berkesenian dari usia dini, di antaranya seni reog gondorio akan tertanam di sanubari siswa. “Bahwa seni gondorio adalah seni budaya yang menanamkan budi pekerti, sehingga pada akhirnya bisa kita dapatkan anak bangsa yang mempunyai ideologi yang jelas, sebagai bekal di kemudian hari. Dan yang penting ikut menjaga seni reog Gondorio tidak dijarah oleh bangsa lain, seperti pengalaman seni adiluhung kita dipatenkan oleh pihak lain,” jelas Indro. (puji daryana/nji)

Siapkan “Demak Online”, Perangkat Desa Dilatih

Para perangkat desa di Demak mengakuti pelatihan teknologi informasi HARSEM/SUKMA WIJAYA

Demak-Dalam rangka mempersiapkan program Demak Online, pemerintah mulai diberi pendidikan dan pelatihan (Diklat) kecakapan Komputer kepada seluruh Perangkat Desa. Diklat ini diberikan menyusul dari konsep e-Gov (elektronik-goverment) Demak, dimana seluruh laporan kegiatan instansi dilakukan secara online, dan akan direalisasikan 1 Maret nanti. Diklat kemampuan dan kecakapan mengoperasikan komputer secara online, meliputi pengetahuan dasar komputer, jaringan internet atau intranet, bagaimana membuat form laporan kegiatan dan lainnya. Kepala Dinhubkominfo, H Musyadad Syarief melalui Kabid Informasi, Hadi Waluyo mengatakan, Diklat komputer

dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan Pemda mewujudkan e-Gov, dalam Diklat juga di bahas bagaimana berkomunikasi antar Desa, Desa antar Kecamatan, sampai Desa antar Kabupaten. “Demak Online adalah bentuk keseriusan Pemkab mewujudkan e-Gov, setelah dilaksanakan Diklat bagi seluruh perangkat desa, tahun ini, akan ada pengadaan komputer dengan perangkat internetnya, sesuai visi-misi Bupati, tanggal 1 Maret Demak Online sudah aktif,” jelas Hadi Waluyo, kemarin. Lanjutnya, karena masyarakat membutuhkan pelayanan cepat dan tepat sasaran, Demak Online merupakan solusi utama. Setelah perangkat desa dari 243 desa menerima pelatihan, pihaknya segera mendampingi

pengadaan komputer dan jaringan di tingkat desa, sampai terkoneksinya jaringan desa ke dunia maya. Karena kebutuhan pelayanan masyarakat sudah sangat mendesak, pihaknya secara estafet akan memberi pelatihan kepada perangkat desa. Agar materi pendidikan mudah di terima, Diklat ini diberikan secara kelompok yang berisi enam desa di tiap kecamatan. Setelah jaringan ini sukses terwujud, maka pengambil kebijakan akan dengan mudah mengakses data, dari desa-pun tak perlu mengeluarkan dana lebih untuk berkomunikasi, seperti saat terjadi musibah, kepala desa dapat melaporkan kondisi desanya melalui laporan tertulis dengan wifi atau telepon melalui voice

over internet protocol (VOIP). Terpisah, Lurah Mangunjiwan Kecamatan Demak, Poernomo didampingi Kasi Pembedayaan Bambang Handoko, mengakui tingginya manfaat sistem komputerisasi secara online. “Setelah kita lengkapi komputer dengan perangkat internet, sistem laporan dan informasi sangat terbantu sekali,”ungkapnya. Segala laporan yang disampaikan dari Kelurahan Mangunjiwan ke Pemda sangat cepat dan akurat, kendati sistem laporan yang disampaikan masih soal laporan keuangan. Pihaknya berharap Demak Online segera terealisasi agar seluruh instansi, desa, dan masyarakat bisa mengakses informasi di dalamnya. (swi/nji)

ekonomi & bisnis

5

RABU, 25 Januari 2012

Likuiditas BMT NU Sejahtera Sriwijaya Air

Tujuan

Jam Berangkat

Sby

10.40 (Daily) 18.15 (Operate Jumat & Minggu)

Jkt

06.20, 11.20 (Daily) 18.10 (Daily) 12.35 (Daily)

Bjmsn

Bjmsn- 14.50 (Daily) Smg Garuda Indonesia

Jkt

06.05, 07.35, 09.20, 10.55,12.35, 14.55, 16.00, 17.00, 18.35

Batavia Air

Jkt

08.30, 17.30 (Daily)

Lion Air

Jkt

06.50, 11.40, 15.15

Sumber : Bandara A. Yani Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Daftar Harga Sembako Beras C4 Super C4 Gula Pasir Minyak Goreng Kemasan Tanpa kemasan Daging sapi Daging ayam Telur Elpiji 3 kg Elpiji 12 kg Cabai Merah besar Merah keriting Rawit Bawang merah Bawang putih Minyak tanah Mentega kemasan Kedelai Jagung

Rp 7.000/kg Rp 6.500/kg Rp 10.250/kg Rp 12.400/kg Rp 10.000/kg Rp 58.000/kg Rp 22.000/kg Rp 16.000/kg Rp 13.000 Rp 74.000 Rp 15.000/kg Rp 8.000/kg Rp 18.000/kg Rp 20.000/kg Rp 23.000/kg Rp 8.500/l Rp 4.700/200 gram Rp 6.500/kg Rp 5.000/kg

Termasuk Terbaik di Jateng Oleh Mohammad ichwan

HARSEM/MOH ICHWAN

Maskapai

bMt nu sejahtera Kota semarang jadi salah satu KsP berprestasi. Likuiditasnya dinilai termasuk yang terbaik di Jawa tengah.

D

inas Koperasi dan UMKM Prov Jateng berterima kasih atas partisipasi BMT NU Sejahtera Kota Semarang yang telah memiliki 14 kantor cabang di seantero Jawa Tengah dan menjadi salah satu KSP berprestasi bagus. Likuiditasnya dinilai termasuk yang terbaik di Jawa Tengah. Kabid Pemberdayaan Koperasi Simpan Pinjam Dinas Koperasi dan UMKM Prov Jateng Yanti Mawarti menyatakan hal itu dalam pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Baitul Mal wa Tamwil (BMT) NU Sejahtera di kantor Pusat KSP Syariah tersebut di Jl Raya Semarang-Kendal km 15, Mangkang, Tugu, Semarang, barubaru ini. Mewakili Kadinaskop & UKM Jateng, Yanti mengatakan, koperasi yang baik yang menumbuhkan perekonomian anggotanya. “Tidak sekadar memberi pinjaman dan pengembaliannya lancar. Ukuran baiknya adalah peningkatan taraf hidup para anggota koperasi, dan berkembangnya usaha yang dikelola anggota,” ungkapnya. “Koperasi yang baik itu tidak diukur semata-mata oleh omzet usahanya. Bukan sekadar lancarnya angsuran anggota dan besarnya keuntungan. Tetapi diukur seberapa

besar manfaatnya dirasakan anggota untuk peningkatan taraf hidup maupun pengembangan usaha mereka,” tuturnya seraya mengucapkan selamat atas keberhasilan BMT NU berjaya di Jawa Tengah. sangat bangga Ketua Lembaga Perekonomian NU yang juga Ketua BMT NU Sejahtera H Muhtarom mengaku sangat bangga dan gembira atas pencapaian yang diperoleh koperasinya dalam beberapa tahun ini. Dia berterima kasih atas segala dukungan dari PCNU Kota Semarang dan PCNU Demak, Kendal, Boyolali, Sukoharjo, Magelang dan Kebumen yang mendukung pendirian unit-unit kantor cabang BMT NU Sejahtera, sehingga bisa menjadi koperasi yang berkembang pesat memenuhi kebutuhan para anggota. Juga berterima kasih kepada Dinaskop & UMKM Jateng serta dinas koperasi kabupaten/kota di Jateng yang telah memberikan pembinaan dan fasilitas. “Alhamdulillah kami telah memiliki 14 kantor cabang, 6 di Kota Semarang dan 8 di luar Kota Semarang. Tahun ini akan bertambah 6 lagi di Temanggung, Banyumas, Banjarnegara, Cilacap,

Ketua BMT NU Sejahtera H Muhtarom sedang menyampaikan laporan di RAT Wonogiri dan Kota Salatiga,” terangnya. Muhtarom menjelaskan, sejak berdiri pada 2006 lalu, BMT NU Sejahtera telah memiliki anggota aktif 596 orang dan 53.301 calon anggota. Sejumlah 130 karyawan yang semuanya dari pemudapemudi nahdliyin, telah berhasil membuat koperasi ini memiliki aset sebanyak Rp 55 miliar, dengan pendapatan bersih Rp 11,8 juta di tahun 2011. Direncanakan, tahun buku 2012 aset BMT NU Sejahtera naik 50% menjadi Rp 83 miliar, dengan laba sebanyak Rp 15,7 juta. Untuk

permodalan, kata Muhtarom, selain dari ekuitas alias modal sendiri dari anggota, juga disokong Bank Syariah Mandiri yang telah terjalin sejak 2009 lalu. Termasuk penggunaaan fasilitas ATM untuk anggota BMT NU Sejahtera. “Mohon doa restu kami saat ini sedang mempersiapkan pendirian BPR Syariah NU yang gedungnya tiga lantai telah selesai di bangun tahun lalu. Yaitu di lokasi bekas Kantor PCNU di jalan protokol Kota Semarang, Jl Jenderal Sudirman No 54 Semarang,” ungkapnya. Sementara itu, Ketua PCNU Kota Semarang H Anasom dalam

Hotel Santika Premiere Semarang

Sajikan Beragam Menu Pasta

Sumber : Pantauan dari Pasar Tradisional Semarang serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang

Jika BBM Bersubsidi Dibatasi

Penjualan Mobil Bekas akan Menurun Rencana pemerintah untuk melakukan pembatasan BBM bersubsidi diperkirakan akan berakibat pada menurunnya penjualan mobil bekas, terutama yang menggunakan bahan bakar premium. Sementara untuk mobil bekas berbahan bakar solar kurang terpengaruh, karena penjualannya yang memang tidak tinggi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Cabang PT Zirang Mobil Semarang Warjono belum lama ini. Disampaikan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, berbagai kebijakan tentang BBM bersubsidi atau premium akan menurunkan permintaan mobil bekas. “Ada semacam shock therapy bagi konsumen, dimana mereka akan menunda pembelian mobil bekas. Perilaku ini akan menurunkan permintaan mobil bekas khususnya yang berbahan bakar premium hingga 20%-30%,” ujar Warjono. Ditambahkan, penjualan mobil bekas terbanyak memang yang berbahan bakar premium. Sementara untuk mobil dengan bahan bakar solar relatif tidak banyak permintaan karena harganya yang memang lebih mahal dibandingkan mobil dengan bahan bakar premium. “Rata-rata penjualan mobil bekas di Zirang Mobil selama ini tercatat 25 unit mobil per bulan. Dari jumlah tersebut hampir 70% merupakan mobil dengan bahan bakar premium,” lanjutnya. Shock Therapy Sementara itu, dampak dari regulasi yang akan ditetapkan pemerintah diperkirakan akan bertahan dalam waktu 2-3 bulan. Artinya, dalam kurun waktu tersebut, konsumen akan menunda pembelian. “Shock therapy tersebut akan berlangsung paling lama 2-3 bulan. Dan selama kurun waktu tersebut, kami tidak akan mengeluarkan strategi apapun untuk mendongkrak penjualan. Soalnya kalau mau memperbanyak stok mobil diesel, nanti permintaannya sedikit. Kita hanya menahan pengadaan serta melayani apa yang ada,” tukasnya. Menurutnya, meskipun mungkin pemerintah mengambil kebijakan lain menyangkut BBM bersubsidi, tetap akan berdampak pada penjualan mobil bekas. Baik itu kebijakan konversi maupun menaikkan harga bensin premium. Namun apabila disuruh memilih, dirinya lebih senang dengan kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi dibandingkan kebijakan konversi ke pertamax atau gas. “Pengalihan atau konversi membutuhkan biaya yang besar. Lagipula, kalau beralih ke gas, infrastrukturnya belum siap,” tuturnya. Namun demikian dirinya tetap optimistis potensi pasar mobil bekas masih cukup bagus. Hal ini disebabkan mobil bekas memiliki segmen tersendiri dan tidak akan berebut pasar dengan mobil baru. (nuh/tab)

sambutannya menyampaikan, setiap orang, setiap organisasi atau lembaga, harus melakukan evaluasi secara terus-menerus. Dosen Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang ini mengutip isi Alquran surat Al-Hasyr ayat 18 yang menyiratkan pentingnya evaluasi untuk kebaikan di masa mendatang. Dalam kesempatan tersebut, pengurus BMT NU Sejahtera membagikan reward kepada para karyawan yang berprestasi. Yaitu penghargaan untuk 47 orang, dan bonus uang total Rp 19,5 juta untuk 83 pegawai. (tab)

Sambut Imlek

Layanan BB Gratis di 8 Negara MenyaMbut perayaan Imlek, Telkomsel menggelar program spesial untuk layanan BlackBerry (BB) di luar negeri. Pelanggan kartuHALO dapat menikmati gratis layanan pushmail, chatting, browsing, dan social networking menggunakan BlackBerry saat sedang berada di delapan negara. Promo ini berlaku hingga 29 Februari 2012. GM Sales & Customer Service Telkomsel Regional Jateng&DIY Andi Kristianto mengatakan, layanan gratis BlackBerry antarnegara ini upaya Telkomsel menghadirkan kemudahan aktivitas mobile lifestyle pelanggan. “Harapan kami para pelanggan

dapat memanfaatkan kenyamanan layanan BlackBerry Telkomsel ini untuk berbagi kebahagiaan saat merayakan kemeriahan Imlek di mancanegara,” ujar Andi, belum lama ini. Ditambahkan, layanan Free BlackBerry Roaming ini bisa dinikmati di jaringan delapan mitra international roaming Telkomsel, yakni: SingTel (Singapura), Maxis (Malaysia), CSL (Hongkong), AIS (Thailand), Taiwan Mobile (Taiwan), China Unicom (Cina), Softbank (Jepang), dan Optus (Australia). Untuk menikmati gratis layanan BlackBerry di luar negeri sangat mudah. Pelanggan hanya perlu

Di bulan ini, dalam suasana Imlek, Hotel Santika Premiere (HSP) Semarang menggelar “Pasta Promotion”. Event yang digelar di Kafe Resto Delima menyajikan promo masakan Italia. “Untuk itu, bagi masyarakat khususnya warga Semarang, manfaatkan promo tersebut dan dapatkan fasilitas istimewanya,” ungkap Public Relations HSP yang baru, Ayu Febriana Bharata. Beragam menu pasta yang disajikan, seperti Spaghetti, Fettucine, Macaroni, Fusilli, Penne, Conchiglie, Vermicelli, dan Bowties. Berbagai menu lengkap dengan aneka pilihan saus, seperti Bolognaise, Nappolitan, Velote, Marinara, Carbonara, Pesto, Sorentina, dan Primavera. Sedang pilihan untuk topping-nya: Permesan Cheese, Red Pepper, Green Pepper, Black Olives, Mushroom, Onion, Calamari, Shrimp, dan Fish, yang pasti akan mengundang rasa lapar. Soal harga, menu-menu yang mengenyangkan tersebut hanya dibandrol Rp45 ribu per orang, bahkan dengan harga tersebut, pengunjung dapat menikmati pasta sepuasnya. Asyiknya lagi, menu-menu yang disajikan mulai dari pukul 18.00 hingga 23.00 tersebut diracik langsung oleh chef Hotel Santika Premiere secara live cooking di Delima Cafe. Sehingga pengunjung dapat melihat secara langsung cara peracikan pasta yang akan dinikmati nantinya. (tab)

membawa smartphone BlackBerrynya, tidak perlu melakukan registrasi atau membeli paket khusus, karena layanan BlackBerry dalam promo ini sama dengan layanan yang sudah pelanggan nikmati ketika di Indonesia. “Pelanggan tinggal memastikan fitur roaming internasionalnya di nomor kartuHALO telah aktif. Dengan demikian pelanggan yang sudah berlangganan paket BlackBerry Unlimited di Indonesia tetap menikmati full services berupa unlimited pushmail, chatting, browsing, dan social networking selama berada di luar negeri secara gratis,” katanya. (nuh/tab)

HARSEM/DOK

Koperasi dan UMKM Butuh Pendampingan PenDaMPingan terhadap koperasi dan UMKM dirasa sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas. Selain itu yang tidak kalah penting adalah pelatihan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas serta kompetensinya. Hal ini diungkapkan oleh Sekda Jateng Hadi Prabowo seusai pelatihan Achievement Motivation Training yang diberikan kepada pengelola koperasi dan UMKM, kemarin. Pelatihan diikuti oleh 100 peserata pengelola koperasi dan

UMKM dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah. Sementara materi yang diberikan meliputi masalah perpajakan, pembukuan serta manajemen koperasi dan UMKM. “Selama ini masih banyak koperasi dan UMKM yang belum terkelola dengan baik. Oleh karenanya masih perlu diberikan pelatihan kepada pengelolanya maupun pendampingan untuk koperasi tersebut,” ujar Hadi Prabowo. Menurutnya, beberapa hal yang masih membutuhkan bantuan

atau pendampingan menyangkut masalah permodalan serta jaringan pemasaran. Sebelumnya, disarankan agar dilakukan pemetaan atau mapping untuk mengetahui kesulitan dari masingmasing UMKM tersebut. Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Sudjarwanto mengemukakan, saat ini di Jateng ada sebanyak 70 komoditas unggulan yang dihasilkan oleh pelaku UMKM, yang tersebar di hampir seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

“Aneka produk unggulan dimiliki oleh Jawa Tengah. Ada yang berbasis agro, buah, sayur, kerajinan, seni, tenun dan sebagainya. Produk tersebut tidak hanya diminati pasar domestik namun juga mancanegara,” ujar Sudjarwanto. Hingga bulan November tahun 2011 lalu, nilai ekspor komoditas unggulan Jawa Tengah tercatat sebesar Rp30,5 miliar. Dirinya yakin nilai tersebut akan meningkat pada tahun ini. Sementara untuk bantuan

permodalan, Dinas Koperasi telah memberikan pengarahan kepada pelaku UMKM untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hingga bulan November tahun lalu, sebanyak 1,2 juta UMKM di Jawa Tengah telah menerima kucuran dana KUR dengan jumlah total mencapai Rp6,8 triliun. “Sementara untuk dana dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) telah dikucurkan sebesar Rp300 miliar yang diberikan kepada 350 UMKM di Jawa Tengah,” pungkasnya. (nuh/tab)

YAIK-BARITO ya iklan baris to! Tarif Iklan Pastikan..!!

JENIS IKLAN

BW

Baris Kolom Advertorial Display

SPOT

6.000,-/baris 6.500,-/mmk 8.500,-/mmk 10.000,-/mmk

7.000,-/baris 7.500,-/mmk 9.500,-/mmk 11.000,-/mmk

FULL COLOR 10.000,-/mmk 12.500,-/mmk

KETERANGAN > 2 baris < 10 baris 30 mmk < 200 mmk > 200 mmk > 100 mmk

JENIS IKLAN

BUTUH UANG/BPR

KEHILANGAN

KOS

LOWONGAN

BUTUH UANG Pembiayaan mobil /motor Jaminkan BPKB Proses Cepat Tanpa Survei Bunga mulai 0.5% Takeover. Bisa Hub: 024-70880082 / 085727711297

HLG STNK NP H 3209 EP an Deviana Agustin Jl Karanroto Rt 3/3 Genuk Semarang

MENERIMA kos2-an putri / mahasiswi / karyawati Jl. Parangbaris 7 no.19 Telp. 0246706482 / 91341819 / 0856405222372

DIBUTUHKAN SEGERA MARKETING

0812/IKL/PR/IV/27/11

BUTUH DANA Jaminkan BPKB, Ke KSP Pundi Artha Mas Hub: 024-70529700 0688/IKL/R/X/20/11

ELEKTRONIK

0012/IKL/R/I/14/12

HILANG STNK NP H 3924 LF an Slamet Riyadi Jl. Lodon II Rt 08/05 Bandarharjo Smg Utara 0009/IKL/R/I/06/12

HILANG STNK NP H 6471 PR an Slamet Pujianto Jl Asrama Polri Kalisari Rt 04/07 Blok 8/II Smg 0008/IKL/R/I/06/12

HILANG STNK NP H 6118 WF an Nang Warianto Subarjdo Jl. Kp Bugen Rt 02/01 Muktiharjo Kidul Pedurungan Smg

1021/IKL/R/XII/3/11

MENERIMA Kos2an Pasutri Jl. Parangbaris 7 No.19 Telp. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372 0990/IKL/R/XI/07/11

KOS PASUTRI/karyawan 2 bln Rp 500.000 Lok. Daerah Mrican Hub. 024-91312155 0700/IKL/R/XI/02/11

KULINER

HILANG STNK NP H 2216 ZN an Suhendri, Blerong RT 1/3 Guntur Demak 0006/IKL/R/I/05/12

HILANG STNK NP H 4904 BP an Dwi Bagus Andrianto, Tanjungmas RT 6/11 SMG TOKO PARABOLA Jl Hasanudin G 58 Pasang / servis / Yes TV / Indovision, Hub: 024-70889950 0873/IKL/PR/VI/09/11

JASA PROPERTI DESAIN & SPESIALIS Renov/baru. Rmh, Kost (Free Gbr+Kitchen Set). 70129510

HILANG STNK NP. H 5894 BY an GKJTU Jemaat Semarang IV, Jl. Nangka No. 16 RT 01/02 SMG 0004/IKL/R/I/05/12

HILANG STNK NP H 1985 UA an Abdullah Jl Kauman Krendo 31/32 Smg 0003/IKL/R/I/04/12

KEHILANGAN HLG STNK NP H 4367 RZ an Ismangil Jl Tegalsari Perbalan Rt 3/3 Smg 0021/IKL/R/I/25/12

HLG STNK NP H 65105 A an Ali Mansur Dempal Kidul Rt 01/16 Pedurungan Smg 0020/IKL/R/I/25/12

HLG STNK NP H-4871-M a/n Mat Robi alamat Jl. Bader 5 RT. 02/05 Bandarharjo SMG 0019/IKL/R/I/21/12

HLG STNK NP H-3888-PS a/n Hendrik Pasila Silalahi alamat Jl. Patriot V/H.18 SMG

0975/IKL/R/X/06/11

HILANG STNK NP H 2931 GS an Rusdiyanto Jl Kanguru Utara V/25 Rt 10/03 Smg

FOREDI – Gel 200rb, GASA 250 rb, asli legal Hub 085641321999

0001/IKL/R/I/04/112

0974/IKL/R/X/06/11

HILANG STNK NP H 3968 AP an. Dwi Lisa Andriana, Jl.Murtimulyo Blok B No.4 RT.01/15 Muktiharjo Pedurungan SMG

JUAL GPS Tracking 2,5 jt/unit free berlangganan Web & GPRS selama 1 th Hub : Nanang 081330407550

1051/IKL/R/XII/31/11

0931/IKL/R/VIII/03/11

HILANG STNK NP H 1826 TG an. Primkopkar PT. PLN Dis JTG, Jl. Teuku umar 47 SMG

JUAL ALAT PENGHARUM RUANGAN OTOMATIS HUB. 085225518179

1049/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP. H 6315 SP an. Kusmiati, Surtikanti VI/6 SMG

0017/IKL/R/I/21/12

HILANG STNK NP. H 3829 ER an. Winarno, Jl. Kawi III RT.04/04 Wonotinggal Candi sari SMG

HLG STNK NP H 3432 RY an Wiwik Rukiyati Jl Tmn Borobudur Tmr Rt 09/10 Smg Brt 0015/IKL/R/I/17/12

HLG STNK NP H 4612 MZ an Sukrityo Jl. Srondol Kln Rt 02/01 Bymank Smg 0014/IKL/R/I/17/12

HLG STNK NP H 2038 JP an Andi Sucipto Jl jagalan No 75 Rt 06/04 Semarang Tengah 0013/IKL/R/I/14/12

0906/IKL/B/VII/22/11

1050/IKL/R/XII/29/11

0018/IKL/R/I/21/12

0016/IKL/R/I/21/12

LAIN-LAIN

LOWONGAN

1044/IKL/R/XII/28/11

Syarat: - Usia max 30 th - Pendidikan min DIII/SI - Punya motor & SIM

0975/IKL/R/X/07/11

DIBUTUHKAN 300 karyawan untuk perkebunan sawit, upah harian, bonus premi, mess, sembako, klinik gratis, jamsostek Hub. 081237225459 / 085651031888

0999/IKL/R/XI/11/11

0904/IKL/R/VII/16/11

AGEN BABY SITTER, Jompo, Dpt U/ saku 4jt, Spor, Hkg, Twn, Gj 5jt GRATIS Fee Sponsor 8,5jt. Hub. PT RIMBA (021)84972854, 84971469, 33722294, 70533132, 70582811 0993/IKL/R/XI/09/11

JUAL MOBIL TOYOTA BU43 DUMP TRUCK 2005 MERAH H 1513 SG. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787

PENGOBATAN

024-91507718

Email:

hariansemarang@yahoo.co.id

PERBANKAN

SALON

0857/IKL/PR/I/21/11

RENTAL/TRAVEL SUZUKI SMASH Titan subsidi sampai 1,1jt DP 750rb angs 390rb Hub Lely 08563396086 SUZUKI MAJAPAHIT 0886/IKL/PR/VIII/10/11

PELUANG USAHA BISNIS Investasi FOREX! BURUAN DAFTAR, Modal rp.5jt Profit 45% cck utk pgwi swasta, PNS, Dll. RIZAL SE 022-95404446 / SMS ”DAFTAR” Hp:087780470333 www.mbankshelin.com 0022/IKL/R/I/25/12

ADA PELUANG Bisnis NEW FOREX,Modal Min rp.100rb,Profit 6% perhari selama 300 hari.SMS”BERMINAT”Hp:08778000836702197169200,info www.dexraft.com 0016/IKL/R/I/18/12

JADILAH BOS Bagi diri Anda sendiri. Bekerja dr rumah, potensi pendapatan rata2 1-5 Jt/bln, dgn part/full time. www.wfhweb.com/haris46

0011/IKL/R/I/12/12

USAHA Sampingan penghasilan 850rb - 5 Jt/hari bersama PT. MNI hub. 085865007194 1029/IKL/R/XII/16/11

DAHSYATNYA INVESTASI FOREX!profit 2,5 juta/hari selama 250 hari (Modal Min.500rb) INFO? www.starttexas.com. ATAU? SMS “PETUNJUK” Hp 081905109444 1029/IKL/R/XII/15/11

Lamaran ditujukan ke: Jl. Puspowarno I/20 Semarang

JUAL MOBIL MITSUBISHI L300 DP BOX 1996 COKLAT ABU-ABU H 1853 WH. Hub: PT Artha Asia Finance 024-6700787

1046/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP. H 3293 SZ an. Andrias Budi S, Pudakpayung RT.3/3 Banyumanik SMG

Kami perusahaan Distributor Bahan Baku Roti untuk pabrik roti membutuhkan beberapa salesman.

DIJUAL MOBIL Mitsubisi Lancer’88 Plat H, hitam full variasi an sendiri pjk pjg Hub: 08562680116/085640178475 hrg 26 jt

HILANG STNK NP . H 3092 P an Suratman, Tambak Mulyo RT.06/15 Tanjungmas SMG

1045/IKL/R/XII/28/11

SALESMAN

024-3512771

PINJAMAN Tanpa Agunan.. khusus karyawan, gaji 2jt lewat transfer bank. Hub: Ardian 024-70247939 / 085876862929

MAU PUNYA Usaha sendiri? Gabung dgn minuman teh siap saji GOOD TEA Hub: 081228397779 / 085842174777

1025/IKL/R/XII/15/11

PENDIDIKAN

PENGOBATAN Alternatif terapi air putih & zam-zam utk sgl penyakit Hub. Gus Rodi 024-70427247 Kel Mangunharjo Rt 01/02 0010/IKL/R/I/11/12

PIJAT Refleksi semua jenis penyakit sukarela dgn herbal. Hub. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

1020/IKL/R/XII/3/11

TERAPI Cakra Spiritual (Biaya Sukarela), Gayamsari IV/22, Majapahit SMG. Telp.6706083

0958/IKL/V/IX/03/11

NEW MASSAGE & RILEXS call : Viona 085741812670

0888/IKL/I/VI/24/11

BU : JUAL TANAH Di Meteseh, Rumah Di Tembalang Hub. EDO (024) 50218699

0872/IKL/PR/VI/09/11

1004/IKL/R/XI/19/11

SPECIALIS IMPOTEN, ED, dll besarpanjang vital. Jeng Peni, 024 70021514

JUAL/BU: Tanah di Sampangn, tepi jln, 375 jt / Rmh dekat Java Mall, 1,5M (nego) Hub: 085640351333

0868/IKL/PR/VI/09/11

PIJAT Ibu Ida & mas Yulianto. Mengatasi ejakulasi dini, tambah perkasa, lulur & refleksi. Pekunden tengah III 4A Hub: 0248416725 ada tempat bisa dipanggil.

PEMBIAYAAN

DIJUAL RUMAH dr type 21–besar disemua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik 1024/IKL/R/XII/15/11

DIJUAL RUMAH dr type 21-besar di semua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik

1022/IKL/R/XII/12/11

DIJUAL RMH HM 4 KT LT.7x12 Hrg 120 jt Nego Jl. Murti Indah 36 Muktiharjo Hub. 081325918989

1019/IKL/R/XII/3/11

JUAL CEPAT rumah Semarang Indah Blok E 2 Lantai Komplit 420jt 085842763159

0863/IKL/I/V/28/11

DIJUAL KAVLING ukuran 12x25M dkt UNNES Sekaran, harga 100jt Hub:081225060117 0858/IKL/PR/V/25/11

DIJUAL TANAH SHM 2269 Luas 7000 M2 Di Pati Hub: 024 48502743 0739/IKL/R/I/06/11

UMROH/HAJI

0990/IKL/R/XI/03/11

0903/IKL/R/VII/16/11

0905/IKL/B/VII/22/11

JUAL MOBIL TOYOTA DYNA TRUCK 2000 MERAH H 1465 MC. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787

INGIN KULIAH BHS Inggris & Belanda masuk saja di AKABA 17 Semarang Hub: 3552474 Seteran Dalam No 9 Semarang.

0902/IKL/R/VII/16/11

0851/IKL/PR/V/14/11

0878/IKL/PR/VI/10/11

HUBUNGI

0600/IKL/B/V/05/11

TANAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

PIJAT PENYEMBUHAN MERIDIAN Dan terapi alat vital, Hub Bp.Budi 085640003160 ada tempat & terima panggilan

ANDA membutuhkan pembiayaan mobil niaga. Hub kami: 081326526063 ENDA, 081225366581 DANI, 081332221288 INDRA, 081227321114 NURDI, 081225 551888 WIWIN, 082136291312 AJAY. Jl. Majapahit No. 321 A. Proses cepat BPKB Aman.

0934/IKL/R/VIII/06/11

0627/IKL/A/VI/29/11

3JT “PAKET PERKAWINAN” lengkap rias pengantin + dekorasi + foto digital. Hub: 024-70427892

0895/IKL/I/VII/09/11

0990/IKL/R/XI/03/11

LES NGAJI QUR’AN, 085225518179

0866/IKL/PR/VI/09/11

MELAYANI segala perawatan massage dan lulur. Panggilan. Hub: RINA- 024 70203835

TERIMA Pijat Refleksi tradisional capek dan totok wajah. Hub: Wahyu 085725715951 (ada tempat)

0870/IKL/PR/VI/09/11

LES PRIVAT Rombongan Matematika RSBI dijamin nilai diatas 8 Hub 0246706482 / 91341819 / 085640522372

1021/IKL/R/XII/12/11

TRANS JAYA Shuttle Smg-Jog 45rb, Travel Smg – Pwt 65rb, rental elf/dutro lux 2011, Hub: 082136363678

1005/IKL/R/XI/22/11

DR.BOYKE: OLESAN TAHAN LAMA!! 8 JAM!! (200rb) www.pasutrihot.com Hub 024-91139013 & 0857.4141.9393 LES PRIVAT KILAT : Terapi Telinga, buka Aura, Terapi Energi Bio ( Bersihkan neg dalam tubuh) 085842763159

RENTAL MOBIL harian/blnan. ELF, Ravelo, Avanza, Xenia, dll. Hub: 02474046753 / 081229044750

SEDOT lintah, gurah, rapetkan V, ED, Bekam, Telat bln, K-prawan, L sahwat. Kons: Raketkan pasgn, menata aura, buang sial Gayamsari IV/22 Majapahit Smg 6706083

0867/IKL/PR/VI/09/11

MOBIL DIJUAL

1047/IKL/R/XII/29/11

an.

DIBUTUHKAN BEBERAPA

SPOT 8.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.000,-/mmk

http://hariansemarangbanget.blogspot.com

0965/IKL/R/IX/20/11

1048/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP H 6693CZ Winarno, Meteseh RT. 3/1 SMG

Johar

0988/IKL/R/XI/03/11

0660/IKL/R/VIII/27/11

0002/IKL/R/I/04/12

HLG STNK NP H-2877-QS a/n Lulut Arifianto alamt Jl. Pederesan Besar No. 63 RT. 03/04 Kebon agung SMG HLG STNK NP H-4957-BR a/n Erfinawati alamat Tinjomoyo RT.05/02 SMG

ES BUAH PALING ENAK Se-kota Semarang es buah “ DIRAJA” Putra es Kobar Solo

AMAN, legal, BPOMRI, Foredi-Gel 200rb. Pesan antar 085641321999

HILANG STNK NP. H 5713 SZ an. Suprijanto, Lamper Mijen RT. 01/06 Lamper tengah SMG

Membutuhkan: Karyawan tetap untuk Marketing P/W usia 23-55 th yang sudah pengalaman

Jl Kauman Barat 330 Semarang Telp 70345720

HILANG STNK NP H 2961 PG an Ery Astuti Jl. Talangsari IV/6 Smg

0641/IKL/B/VII/17/11

GLOBAL MANDIRI, Dis. Tunggal "Maturo Soya” (baru buka cab. Semarang)

Lamaran lengkap langsung ke:

0005/IKL/R/I/05/12

Blog:

7.500,-/baris 5.500,-/mmk 5.500,-/mmk 5.000,-/mmk

MOTOR DIJUAL

Fasilitas: Gaji, transport, bonus, dll. Min Rp 3-10 jt/bl. Pasti dan jenjang karier luas.

0007/IKL/R/I/06/12

BW

Display Pendidikan Display Keluarga Display Sosial Display Duka Cita

Brosur dan Material Promo Anda Sampai Ke Tangan Pembaca, Karena Hanya Kami Ahlinya...

6

RABU, 25 Januari 2012

JUAL RMH HM Bukit Menur Sendangmulyo LT 91m2 listrik 1300w, 2 kt, PAM, hrg 120 jt nego Hub. 02470554473 / 08812460658

0944/IKL/R/VIII/13/11

DI JUAL Segera: Kavling HM + 750m2 di sltn SLB Mgnhrjo Tmblng Smg View bgs, nego. HP: 082136898938.TP dan No SMS

0929/IKL/R/VIII/02/11

DIJUAL RUMAH Tanpa DP Angs 880rb/ bln, Lokasi Bangetayu Kulon 70320596 0919/IKL/R/VII/27/11

UMROH/HAJI dengan 3,5 jt bisa berangkat umroh/haji+ bersama PT. Arminareka fee Refrensi 1,5 jt/jamaah Hub: 08157647484 0869/IKL/PR/VI/09/11

SELAMAT TAHUN BARU IMLEK 2563

Gong Xi Fa Cai

Info Sehat

Manfaat Kopi Bagi Tubuh

& ►LESTARI Agency Jl. MH. Thamrin 82 Semarang. Telp. (024 - 3557003) ►ADILA Agency Jl. Imam Bonjol II / 265 Semarang. Telp. (024 - 3511051)

Dapatkan Sajian Berita

PESONA SEMARANG yang sesungguhnya

►MANDRA Agency Jl. Rowosari 24, Rt.4/Rw.1 (blkg soto bangkong srondol) semarang. Hp. 081364624211 ►PAIMAN Agency Jl. Cendrawasih (Nusantara motor). Telp. (024 - 70321541)

Jl. Cakrawala. Telp. (024 - 7617666)

Jl. Cendrawasih (Nusantara Mtr)

►CANDI Agency Jl. Pandanaran 30 Semarang (Kantor suara merdeka). Telp. (024 - 8319726 / 081575005800)

►P. TUKIMIN Agency Wartel Lobi Stasiun Tawang ►KUSUMA (Bu Widi) Via Lestari Agc.

►KIN Agency SPBU Kali Babon. Telp. (024 - 70946876)

►KURNIA Agency Pos Ojek Depan Museum Ronggowarsito. Telp. (024 - 70422025)

►YUDI Agency Arteri Soekarno Hatta 29 Semarang. Telp. (024 - 70602050)

►DUTA Agency Jl. Kakap I no.1 Ruko Sebantengan Ungaran. Telp. (024 - 6925050)

►NURI Agency Jl. Setia Budi (depan masjid sukun). Telp. (024 - 7463240)

►TERBIT BARU Agency Jl. HOS. Cokroaminoto 322 Ungaran. Telp. (08179538247)

►USAHA KAWAN Agency Jl. Garuda 23 A Semarang. Telp. (024 - 3517063)

►KOPINDA Jl. Kusumawardani III no 37 Semarang.

►REMAJA ISLAM MASJID ANNAWAWI Gayamsari IV / 1

►WITO Agency Jl. Ngesrep Timur no.1 (wartel adi putra) Tembalang. Telp. (024 - 70315410)

►FITRI Agency (Warto) SPBU Gajah Mungkur. Telp. (081228896228)

►PAK MUL Siliwangi (Sebelah Mbok Berek)

►HARIANI Agency Jl. Plampitan 20 Semarang. Telp. (024 - 3541832) ►ERLANGGA Agency Jl. Erlangga Raya 24 semarang. Telp. (024 - 8313405) ►EKO Agency Jl. MT. Haryono (depan gg trengguli) Telp. (024 - 831955 )

►RIFAI Agency Pom Bensin Kalibabon. (024 - 70095713) ►ABDUL RAHMAN Tegal Sari Raya no. 119 (toko mas is). Telp. (024 - 8452855 / 085641557340 )

►TOPAS Agency Jl. Pamularsih (Belakang museum ronggowarsito). Telp. (024 70125273) ►AS’ARI Agency Jl. Sriwidodo Utara no.6 Semarang. Telp. (024 - 7607488) ►ANEKA MEDIA Agency

►KUSAERI Masjid Al Mashuri-Tugu Telp. (024 - 70414663)

►WONDO Agency Jl. Pandanaran 11 ►SUKRO Jl. Pandanaran 30 ►CANDI Jl. Pandanaran 30 ►SURYANTO Simpang Lima ►DARMA Agency Stadion Diponegoro ►AGEN KAB. DEMAK (Kusdoto) ►AGEN KAB. KENDAL (Wahyu Eka) Jl. Ry Gondang No.15 CepiringKendal (Depan Pom Bensin Gondang) Telp. 081390644888, 0294 - 383207 ►AGEN KAB. SALATIGA

►GASEM Agency Semarang

►ABABIL Agency Salatiga

►KUWADI Agency Depan Pasar Mranggen

►EKO Agency Salatiga

►SANIMAN Agency

“HARIAN SEMARANG” DAPAT DIPEROLEH DI AGEN-AGEN TERDEKAT DI KOTA SEMARANG DAN SEKITARNYA

KOPI, minuman favorit dunia ternyata memberi banyak sekali manfaat untuk tubuh. Apa saja? 1. Diabetes Menurut Para peneliti di Harvard, mengkonsumsi enam cangkir kopi atau lebih setiap harinya dapat mengurangi resiko Diabetes. 54% bagi pria, dan 30% bagi wanita. Penelitian lainnya yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan konsumsi empat cangkir atau lebih per harinya pada lansia memiliki resiko Diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan dengan yang jarang mengkonsumsi kopi. Karena selain mengandung kafein, kopi juga mengandung antioksidan, dan mineral yang meningkatkan sensitifitas insulin dan metabolisme glukosa. 2. Kanker Kolon, HCC, dan Sirosis Hati Dua cangkir kopi sehari dapat menurunkan resiko kanker kolon sebanyak 25%, dan sirosis hati sebesar 80%. Antoksidan yang terkandung di dalam kopi dapat membantu melindungi sel dari radikal bebas yang seringkali dikaitkan dengan kanker dan kelainan otak degeneratif. Dr. Francesca Bravi dari Italia menemukan bahwa peminum kopi menikmati 41% pengurangan resiko HCC (Hepatocellular Carcinoma) atau kanker hati, dibanding dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi kopi. 3. Batu empedu Kopi meningkatkan aliran empedu dan mencegah kristalisasi empedu. Dua cangkir satu hari dapat mengurangi resiko batu empedu sebesar 50%. 4. Jantung Kopi juga dapat melindungi peminumnya dari serangan jantung. Penelitian yang dilakukan di Harvard menunjukkan wanita yang mengkonsumsi 5 cangkir atau lebih setiap minggunya mampu mengalami penurunan resiko serangan jantung sebesar 32% dibandingkan dengan wanita yang

5.

6.

7.

8.

9.

mengkonsumsi kurang dari 4 cangkir setiap minggunya. Kopi juga dapat mengurangi efek negatif rokok dan alkohol. Sakit kepala Satu dosis obat penawar sakit megandung 120 miligram kafein, sama seperti jumlah yang ditemukan dalam secangkir kopi. Kafein ditambahkan pada obat penawar sakit karena bisa meningkatkan penyerapan dalam peningkatan efek penghilang sakit. Kafein juga membatasi pembesaran pembuluh darah ke kepala, yang dapat menyebabkan migran. Gigi rusak Komponen yang memberi kopi aroma dan rasa pahit, yaitu Trigonelline, diakui para peneliti Italia memiliki zat anti bakeri dan anti lekat yang menceah gigi berlubang. Stamina tubuh Kafein memberi signal pada otak dan sistem syaraf untuk melakukan hal-hal secara berbeda. Penelitian menunjukkan dua cangkir kopi sanggup membangun stamina tubuh. Kantuk Anda dapat mengkonsumsi kopi untuk meningkatkan kewaspadaan tanpa membuat Anda kesulitan tidur setelahnya. Namun ada pula sebagian orang yang lebih bereaksi pada tidur sejenak dibandingkan dengan minum kopi. Konstipasi Kopi cenderung mempercepat proses pengosongan perut sehingga masalah sembelit dapat teratasi. Walaupun kopi memiliki banyak manfaat, kopi dikenal dapat meningkatkan kegelisahan. Dosis konsumsi yang terlalu banyak tidak bisa diterima semua orang. Selain itu, tingkat keasaman kopi yang tinggi dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih. (ifs)

INTERNASIONAL HUKUM & KRIMINAL Oleh Abdul Mughis Dua perampok gagal melakukan aksinya setelah mendapatkan perlawanan dari korbannya di depan kafe Jalan Diponegoro, Semarang.

senin, 15 november 2010 rabu, 25 Januari 2012

Dua Perampok Digulung Warga

M

enJADi korban perampokan, Adi Mustofa (21), warga Tandang No 20 Tembalang, ini tidak gentar. Bahkan setelah terjadi kejar-kejaran, dua perampok yang menggunakan parang ini berhasil digulung dan diserahkan ke Mapolrestabes, kemarin malam. Dua rampok tersebut masing-masing, Joko

Prihatin (29), warga Sawojajar RT 01/RW 02 Semarang Barat dan Dedy Noerochman (22), warga Tambakboyo Semarang. Duo rampok ini beraksi di depan sebuah kafe di Jalan Diponegoro Semarang. Saat itu, sekitar pukul 22.00, Mustofa sedang menerima telepon dengan ponselnya di depan sebuah kafe di Jalan Diponegoro. Tiba-tiba dihampiri oleh

dua pelaku yang datang berboncengan dengan motor Revo nopol H 3898 KY. Tersangka Joko mengendari motor, sementara Dedy membawa parang. “Setelah berhenti. Mereka menodongkan parang ke bagian pinggang, sembari meminta paksa HP milik saya,” kata Mustofa di Mapolrestabes. Mengetahui nyawanya terancam, Mustofa pun

77 menyerahkan HP miliknya. Sebelumnya, tersangka Dedy sempat mengambil dan membuang kunci motor korban kemudian kabur ke arah Jalan Pahlawan. Korban mengetahui salah satu pelaku membuang kunci motor Satria miliknya. “Kemudian secepatnya saya mencarinya. Beruntung tak lama dicari langsung ketemu, lalu saya bergegesan mengejar mereka,” tutur Mustofa. Mustofa terus berusaha mengejar dua perampok, hampir kehilangan jejak. Namun, akhirnya korban mengetahui pelaku masuk ke daerah Genuk Karanglo. (gus)

sambungan berita halaman 1

Dewan Borong ...

Kelompok Mranggen ... Terakhir, tersangka dilaporkan melakukan pencurian sepeda motor Yamaha Jupiter bersama temannya, Agung, di depan SPBU Ungaran. “Agung saat itu berhasil ditangkap, sedangkan Romandzi berhasil melarikan diri ke Sumatera,” terang Kapolres semarang AKBP IB Putra Narendra. Romandzi diringkus petugas di rumahnya. Dalam penangkapan tersebut polisi juga berhasil menyita Yamaha F1Z yang tidak dilengkapi pelat nomor dan dokumen kepemilikan. “Selama ini saya melarikan diri ke Muara Enim menjadi buruh perkebunan kelapa sawit. Saya pulang ke Mranggen hampir setahun lalu karena kangen sama keluarga. Dan saya kira polisi sudah lupa dengan kasus saya, karena Agung sudah menjalani hukuman di LP Ambarawa,” tutur tersangka. Menurut Kapolres Semarang, kedua tersangka akan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman 5 tahun penjara. “Kami masih akan mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap jaringan lainnya,” tegas dia. Terpaksa Ditembak Dalam waktu bersamaan, Satreskrim Polres Semarang juga melumpuhkan Khomari alias Bondet (42), warga Jatirunggo RT 03/RW 01 Pringapus, Kabupaten Semarang, karena melakukan pencurian motor. Tersangka yang mencoba melakukan perlawanan terpaksa ditembak kaki kanannya, dan sempat dihajar massa. Saat ini tersangka berikut barang bukti motor Mega Pro nopol H 3416 ZB dan Yamaha Mio tanpa pelat nomor diamankan di Mapolres Semarang. Kapolres Semarang AKBP IB Putra Narendra menjelaskan, penangkapan terhadap pelaku curanmor merupakan keberhasilan pihaknya dalam melaksanakan operasi Turangga Candi yang digelar sejak 20 Januari hingga 6 Februari 2012. “Bondet adalah salah satu tersangka yang

sudah lama kami jadikan DPO, karena diketahui pernah melakukan pencurian sepeda motor Honda Vario di Perum Beji, Ungaran Timur. Dan keberhasilan ini dalam rangka Polres Semarang menjalankan operasi Turangga Candi,” terang Putra Narendra, kemarin. Penangkapan ini karena sebelumnya petugas sudah menguntit tersangka dari Sragen. Begitu sampai di Bringin, Bondet berhenti di salah satu penjual bensin. Dan saat itulah petugas melakukan penyergapan. Namun di luar dugaan, tersangka menggertak petugas dengan menanyakan surat tugas penangkapan terhadap dirinya. Bahkan ia juga berani melawan dengan merebut borgol milik petugas. Untuk menghentikan upaya perlawanan, akhirnya petugas melumpuhkan Bondet dengan tembakan. Meski timah panas sudah bersarang di kakinya, ia tidak serta merta menyerah. Bondet justru mencoba menguasai sepeda motor warga, untuk melarikan diri. “Melihat hal itu warga spontan menghentikan aksi tersangka dan melakukan pemukulan secara beramai-ramai,” ujar Putra Narendra. Kepada wartawan Bondet menjelaskan, ia nekat melakukan perlawanan karena meragukan apakah petugas yang menangkapnya benar-benar seorang Polisi. “Karena saya meragukan petugas itu polisi beneran apa tidak, maka saya tanyakan surat tugasnya dan saya rebut pula borgolnya. Tapi kaki saya malah ditembak,” tutur Bondet, yang sehari-hari mengaku sebagai tukang servis elektronik ini. Dalam keterangan kemarin, tersangka juga mengaku sudah pernah dipenjara 2 tahun di LP Ambarawa dalam kasus penggelapan alat-alat elektronik. Dan selama ini dia juga mengaku lebih banyak berbisnis jual-beli sepeda motor bodong. “Hasil curian saya hanya Honda vario itu saja. Kalau Mega Pro dan Mio itu saya beli tanpa surat-surat, dan rencananya akan saya jual lagi,” paparnya. (ino/rif)

Bayi Dibuang ... Ia pun memasuki rumah kosong itu dengan menggunakan penerangan seadanya. “Saya kaget. Ternyata benar, itu bayi perempuan. Kondisinya sehat dan lengkap dengan peralatan bayi seperti dot dan selembar kain,” katanya. Mendapati hal itu, Gunawan kemudian melaporkan ke warga sekitar diteruskan ke RT setempat, lalu dilanjut ke Polsek Semarang Barat. Tak selang berapa lama, tim identifikasi dari Polsek Semarang Barat melakukan evakuasi. Dan bayi malang seberat 47 kg dan panjang 2,5 cm

tersebut dibawa ke RS Bersalin Mardi Rahayu, Jalan Puspogiwang III/46, Semarang Barat, untuk perawatan medis. Kapolsek Semarang Barat Kompol Dony Suhardjo mengatakan, kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait siapa orang tua yang tega mencampakkan di tempat tersebut. “Yang terpenting si bayi selamat. Sementara ini bayi tersebut dititipkan di rumah sakit. Kami akan melakukan penelusuran terkait pelaku pembuangan bayi itu. Karena ini termasuk tindak kejahatan,” katanya. (rif)

Badai Terjang ... yakni Bawen, Bergas, dan Bandungan. Angin ribut juga menyebabkan robohnya beberapa tiang listrik dan pohon di pinggir jalan, hingga menimbulkan pemadaman listrik di beberapa wilayah. Bahkan hingga berita ini ditulis, kemarin sore, pihak PLN masih berupaya melakukan perbaikan yang diperkirakan selesai dalam tiga hari. Beberapa saksi menuturkan, angin ribut datang dari arah barat ke timur tersebut berlangsung cukup lama. Dan diperkirakan mulai dari pukul 07.00 hingga 11.00 siang. Akibatnya, atap rumah warga di tiga kecamatan banyak yang berterbangan. Hal tersebut membuat warga ketakuatan dan berupaya berlindung. Bahkan ada pula warga terpaksa menyelamatkan diri keluar dari rumah. “Warga yang takut rumahnya roboh berhamburan keluar mencari perlindungan,” kata Gunawan, warga Desa Pakopen, Kecamatan Bandungan, lokasi paling parah akibat terjangan angin ribut kemarin. Menurut Gunawan, sedikitnya dua puluh rumah warga atapnya rusak. Genteng dan asbes beterbangan dan pecah. Kandang milik Gunawan yang berisi 800 ribu ekor ayam pun ikut rata dengan tanah. Sementara di Kecamatan Bergas, angin ribut menerjang sepanjang jalan LemahabangBandungan. Selain merusak sejumlah rumah penduduk, beberapa tiang listrik dan pohon di pinggir jalan juga ikut roboh, hingga mengganggu arus lalu lintas. Di Kecamatan Bawen, angin kencang memporakporandakan atap gedung SMPN 3 Bawen. Khawatir akan keselamatan siswanya, kepala sekolah terpaksa memulangkan siswanya lebih awal. Suparno (32), warga Bawen menjelaskan, angin ribut kemarin menyebabkan pohon besar di samping rumahnya roboh menimpa bangunan rumah hingga hancur. “Awalnya hanya suara gemuruh, lalu gentng-genteng beterbangan.

Disusul kemudian suara pohon roboh menimpa rumah saya. Untung saja waktu itu saya dan anggota keluarga sudah lari menyelamatkan diri ke luar rumah,” terang Suparno, yang kini terpaksa mengungsi karena rumahnya rusak parah. Warga lain, Joko (48) mengatakan, sesungguhnya bencana angin ribut seperti ini terjadi hampir setiap tahun. Namun kali ini adalah yang terparah, karena berlangsung cukup lama hingga merobohkan pohon dan merusak beberapa rumah warga. “Tahun ini paling parah, karena sampai merobohkan pohon dan merusak beberapa rumah,” ucapnya. Rugi Puluhan Juta Camat Bandungan, Nanang Saptiyono saat dikonfirmasi mengatakan, hingga sore kamarin pihaknya masih melakukan pendataan kerusakan rumah dan fasilitas umum, serta melakukan kalkulasi kerugian akibat bencana atersebut. “Diperkirakan kerugian yang dialami warga mencapai puluhan juta. Kami masih melakukan pendataan jumlah kerusakan yang diakibatkan angin ribut,” jelasnya. Terpisah, Wakil Bupati Semarang Warnadi mengatakan, Pemkab Semarang telah melakukan koordinasi dengan kecamatan dan badan penanggulangan bencana alam daerah (BPBD), untuk menginventarisasi jumlah kerusakan dan kerugian warga. Dengan begitu bantuan yang diberikan Pemkab bisa tepat sasaran. “Inventarisisasi kerugian dan kerusakan itu penting segera dilakukan, karena hal itu akan terkait dengan upaya pemberian bantuan dasri Pemkab kepada warga yang rumahnya rusak,” tegasnya. Disinggung kemungkinan adanya korban jiwa atau luka akibat bencana tersebut, Warnadi menyatakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil laporan dari kecamatan dan BPBD. (ino/rif)

Terkait uji kelayakan, ia mengatakan bahwa bikinan para siswanya itu telah diujicoba oleh PT Kanzen selaku partner SMKN 1 terkait dengan quality kontrol dan insurance. “Sekarang ini barang sudah habis terjual, dan kalau ada yang ingin pesan lagi bisa dengan menunggu, untuk uji

kelaikan sudah ada,” katanya. Ia berharap hasil karya anak-anak SMK ini bisa dimanfaatkan masyarakat Semarang dan menjadi kebanggaan. (pru/rif)

PRT Ayu ... Namun ulahnya tersebut justru menjadi bumerang. Pasalnya, dia terancam dibui. Kapolrestabes Kombes Pol Elan Subilan menegaskan, Kholisoh terbukti membuat laporan palsu. Laporan penculikan dan pencurian bayi dalam kandungannya dinyatakan ngarang. “Lima tahun berumahtangga ia empat kali keguguran. Ia pun khawatir diceraikan suaminya, Sardi (33). Itulah kemudian dia menyusun skenario penculikan dan pencurian bayi dalam kandungannya,” terang Elan saat gelar perkara di Mapolrestabes, kemarin. Hasil visum dokter Rumah Sakit Panti Wilasa Semarang menunjukkan Cholisoh tidak pernah hamil. “Tidak ada tanda-tanda kehamilan serta tidak ada tanda bekas melahirkan,” tandasnya. Dikatakan Elan, Cholisah terancam KUHP Pasal 220 yang menyebutkan barangsiapa melaporkan atau mengadukan bahwa telah dilakukan suatu tindak pidana padahal diketahui itu tidak dilakukan atau tidak benar, maka ancaman hukuman pasal tersebut yakni maksimal satu tahun empat bulan penjara. Di depan polisi, Cholisoh mengaku bingung dan tertekan sebab tak kunjung hamil seperti diinginkan suaminya. “Selama lima tahu terakhir, saya keguguran empat kali,” ujar wanita asal Desa Muming RT 01/RW 17, Kelurahan Surodadi, Kecamatan Candi Mulyo, Kabupaten Magelang itu. Karena takut diceraikan, muncul ide membuat laporan penculikan. Hari-hari terakhir sebelum menghilang, dia berpura-pura tidak enak badan. Kepada sang suami, wanita yang tinggal di Jalan Sidodadi 34/B, Kelurahan Karangtempel, Kecamatan Semarang Timur ini menghilang. Dalihnya membeli bubur, namun tidak kembali ke rumah. Sardi pun melaporkan kehilangan itu ke Mapolrestabes pada Rabu (18/1) lalu. Namun, wanita yang mengaku hamil 8 bulan tersebut ditemukan Minggu (22/1). Cholisoh mengabarkan ke suaminya telah diculik dan dibebaskan di sekitar Lawangsewu. Dalam penyekapan oleh kawanan orang tak dikenal, dua di antaranya berpakaian juru rawat, ia dipaksa melahirkan. Bayi laki-laki yang telah diketahui jenis kelaminnya pun dibawa kabur oleh kawanan penjahat yang diperkirakan lima orang. Namun kepolisian tidak terkecoh. Setelah melalui penyelidikan, diketahui laporan penculikan tersebut palsu.

Diidolai Pekerja Bengkel Sejak 6-7 tahun lalu, Sarubi Niati Cholisoh dipercaya oleh seorang pengusaha Cina bernama Ratna menempati dan merawat rumah mewah di Jalan Sidodadi 34/B, Kelurahan Karangtempel, Kecamatan Semarang Timur. Rumah berlantai dua yang terletak 200 meter sebelah timur kampus IKIP PGRI Semarang itu dijadikan kos. Rata-rata dihuni siswa SMA Yayasan Sekolah Kristen Indonesia (YSKI). Kemarin siang, saat Harsem memantau, rumah tersebut tetap sunyi. Sekitar pukul 12.30, saat bel di rumah berwarna kuning itu dipencet, tak ada yang keluar. Sesaat kemudian keluar seorang perempuan membukakan pintu. Namun ternyata hanya menekan tombol meteran listrik. Saat dihampiri Harsem, perempuan tersebut hanya memberikan penjelasan singkat. “Maaf, Mas Sardi sedang pergi,” ujarnya sembari buru-buru menutup pintu. Rudi Sarwoto (35), salah seorang pekerja bengkel “Win Variasi” di samping rumah tersangka mengatakan, selama ini ia tidak pernah melihat Cholisoh sedang hamil. Ia mengaku kaget membaca berita terkait rekayasa laporan penculikan tersebut. “Padahal dulu dia pendiam. Para pekerja di bengkel ini sering menggodanya (sebelum dia menikah) karena dia cantik dan seksi,” kata pria asal Salatiga ini. Cholisoh juga rajin beribadah. Dituturkan Rudi, saat Ramadhan tiba, ia sering tarawih di masjid kampung Halmahera. Saat jalan kaki pulang dan pergi ke masjid, para pekerja bengkel sering menggodanya. “Namun akhirnya malah diketahui sudah mempunyai pacar, Sardi warga Wonogiri yang sekarang menjadi suaminya itu,” ungkapnya mengenang. Sementara itu istri Ketua RT setempat, Nyonya Hari (54), mengaku tidak mengenal pasang Sardi-Cholisoh. Keduanya adalah pendatang. “Dia pembantu rumah tangga yang dipercayai merawat rumah mewah itu. Sementara pemilik rumah kabarnya tinggal di Jakarta,” katanya. Di catatan RT setempat, pengusaha beretnis Cina itu juga sering tidak mengindahkan aturan yang diterapkan di kampung setempat, misalnya tidak pernah mau menyerahkan data penghuni kos. “Jadi kami tidak mengetahui jumlahnya berapa, siapa nama-nama pengghuninya. Maka ketika ada kejadian seperti ini kami tidak tahu,” katanya. (abm/rif)

Ribuan Jamban ... “Program ini memang tidak muluk-muluk, sederhana, mudah dilaksanakan, dan menyentuh kebutuhan masyarakat,” ungkap Walikota Soemarmo HS, kemarin. Kepada masyarakat yang belum memiliki jamban, ungkapnya, akan diberikan bantuan dalam bentuk material seperti kloset jongkok, semen yang diperlukan untuk membangun jamban di masing-masing rumah, dan dibangun secara gotong royong. “Sehingga mereka tidak lagi mempunyai kebiasaan buang air besar sembarangan, di sungai, di kebun, atau di ruang terbuka lain yang jelas-jelas tidak sehat,” tandasnya usai menerima kunjungan Ketua DP2K Prof Dr Eko Budihardjo bersama Prof Donald Steward dari Griffith University Australia, Dr Budi, dan Rotary. Pembuatan jamban keluarga ini sebagai implementasi program Gerdu Kempling, selain dibiayai oleh APBD kota sebesar Rp 1 Miliar, juga akan dibantu pemerintah Australia melalui program AUSAID. Selain itu diharapkan dari kalangan pengusaha tergerak membantu program

jambanisasi ini sehingga diharapkan pada 2013 seluruh masyarakat miskin sudah memiliki jamban di rumahnya. Dalam kesempatan tersebut Budi mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Kedokteran Undip menyampaikan garis besar hasil penelitian Undip dan Griffith University, Australia terhadap masyarakat miskin yang belum mempunyai jamban di kota Semarang. Sebagian besar keluarga yang belum punya jamban adalah masyarakat berpenghasilan kurang dan pendidikan juga kurang, dan sebagian dari mereka mempunyai kebiasaan buang air di sungai atau di kebun. Prof. Donald Steward dalam kesempatan tersebut, menggarisbawahi bahwa program jambanisasi keluarga terbukti menurunkan risiko kesakitan dan kematian masyarakat serta pertumbuhan anak yang sehat. Hal yang sama telah diujikan di Vietnam dan Cina, karenanya berkaitan program Kota Jaga ini dirinya akan berjuang agar ada donasi dari Ausaids dan UBS Optimus Foundation. (pru/rif)

Aku Malu ... Pikiranku fokus pada kecantikan. Benakku hanya berisi bagaimana menjaga kemolekan. Demikianlah, setiap hari ada saja cowok mendekatiku. Siang maupun malam para pemuda mencoba mendapatkanku. Orang-orang tua juga bersaing mengambilku sebagai menantu. Dirubung banyak lelaki membuatku semakin besar kepala. Ditmbah aku suka menyanyi, namaku jadi moncer sebagai biduan. Warga kecamatan lain pun berlomba mengundangku untuk manggung. Kala aku masuk SMA, karirku sebagai penyanyi semakin melejit. Seiring usiaku yang bertambah, postur tubuhku semakin mempesona. Saweran demi saweran semakin banyak kudapatkan. Bertubi-tubi tangan-tangan nakal menyentuh anggota badanku sambil menelusupkan lembaran rupiah. Sudah menjadi rumus, jika biasa disenggol lelaki, maka mudah sekali menyerahkan diri pada pria yang dicintai. Benar saja, aku tak kuasa menahan rangsangan pacarku sehingga jatuh dalam dosa besar. Menjelang lulus SMA, aku hamil. Tentu tidak mengagetkan. Sudah “lagu lama”, pria lari dari tanggungjawab ketika pacarnya mengandung. Aku ditinggal minggat Budi dalam

keadaan bunting. Hanya tangis yang bisa kukeluarkan. Tinggal kesedihan mendera diriku. Orang tuaku terpaksa mengungsikanku ke rumah paman di Jogja, agar aku tenang menjalani persiapan melahirkan. Karena aku tak siap jadi ibu, begitu bayiku lahir, kuserahkan bayiku kepada bibi. Jangankan perhatian, ASI pun tidak kuberikan pada anakku. Begitulah resiko berzina. Semua pihak kena getahnya. Banyak orang menanggung akibatnya. Orangtuaku malu, kerabatku repot melulu. Karena kehamilan tidak dikehendaki, aku jadi manusia tanpa perasaan. . Melihat wajah anakku seperti Budi, aku ingin marah. Jengkel banget mengingat wajah pria itu. Tak sudi aku mengelus atau mencium bayiku karena ingat muka bapaknya. Benar-benar jauh dari naluri normal seorang ibu. Pembaca, jahatkah aku? Bolehkan aku sedikit protes kepada Tuhan, mengapa aku diberi orang tua yang tidak bisa menjaga anaknya dari zina? Mengapa aku diberi kesempurnaan badaniyah tetapi lingkunganku tidak bisa mendidik menjadi wanita solihah? (moi)

oase

8

RABU, 25 Januari 2012

Dicurangi

Asuransi

Five Vi

HARSEM/HERY PRIYONO

Penipuan berkedok kerjasama atau pengelolaan keuangan kian marak terjadi di kalangan selebritas negeri ini. Artis bertubuh seksi ini jadi korban kecurangan asuransi.

Clas Duchess of Love Starqueen

Suguhan Musik Rancak dari Duo Cantik

K

EJADIAN penipuan yang dialami kalangan selebritas seperti susul-menyusul. Setelah Annisa Bahar terkena penipuan berkedok investasi saham, kini Five Vi pun mengalami kejadian serupa. Janda seksi ini terkena penipuan berkedok asuransi dan mengalami kerugian sekitar Rp 16.000.000. Five Vi sadar saat uangnya yang tersimpan Rp 20.000.000 tinggal Rp 4.000.000 saja, tanpa ada pemberitahuan lebih lanjut. Padahal agen asuransi sudah mengambil keuntungan 30% dari itu semua. “Agen kan ngambil keuntungannya sendiri, mereka kan dapat 30% dari situ, dan itu kesedot dan diambil semua. Rp 16.000.000 di situ tinggal Rp 4.000.000. Kaget kan aku, ke mana uang aku? Yang aku sesalin kenapa nggak ada pemberitahuan atau penjelasan,” ujarnya di Jakarta, kemarin. Yang membuat Five Vi lebih kecewa adalah saat dia diputus secara sepihak oleh asuransi tersebut. Dia merasa dicurangi karena tak ada pemberitahuan sebelumnya mengenai pemotongan duitnya. “Kekecewaanku di situ. Aku protes kan saat itu, dan tiba-tiba duit belum jelas, tiba-tiba aku diputus secara sepihak. Duit Rp 16.000.000 nggak balik, akhirnya aku protes lagi, baru katanya hidup lagi asuransiku. Aku ngerasa dipermainkan, dong. Ini apa-apaan kayak gini? Kan bisa ngomong. Tapi sepertinya itu sudah menjadi permainan mereka. Aku berharap ini harus ada solusi,” paparnya. Untuk mengurusi masalah ini, Five Vi mengaku telah menghabiskan waktu 4 tahun lamanya, namun tak kunjung selesai. Setiap kali mengurus, Five Vi selalu mendapatkan jawaban dari pihak asuransi bahwa itu sudah ada aturan di buku. “Dia bilang semua ada di dalam surat perjanjian asuransi, tapi buku asuransi setebal itu kan mana ada yang baca. Siapa pun orang mau baca buku yang setebal itu. Masalahnya itu kalau kita akan ditagih, ditelepon oleh customer servicenya. Lha ini kayaknya mereka nggak ada pemberitahuan samasekali,” sungutnya sembari menuntut agar uangnya dikembalikan. “Ya sekarang jadi aku tetap mau minta balik. Harusnya bisa dikembalikan, karena kesalahannya bukan pada aku dan sistem yang ada,” protes Five Vi. (dnr)

Kujutan, Lomba Foto Model Bahan Bangunan JIKA biasanya lomba foto mengusung tema model, fashion, human interest, dan tema-tema lomba foto pada umumnya, kali ini sebuah lomba foto di Semarang coba memadukan konsep antara model foto dengan bahan-bahan bangunan. Tak hanya itu, kelewat banyaknya jumlah fotografer yang terlibat menjadi peserta, lomba yang digelar di Tom’s Home Improvement Jalan Setiabudi 203 Srondol, Minggu (22/1) siang lalu ini pun sampai sempat dikira sebagai gelaran unjukrasa. “Jumlah pesertanya sampai 128 orang fotografer, itu pun belum termasuk fotografer lain yang datang di luar peserta. Apalagi yang jadi modelnya Yulia dan Queen Lanny dari majalah FHM dan Maxim, makin ramai jadinya,” ungkap Vega Viditama selaku penyelenggara dari Lumos Photography. Menurut Vega, konsep lomba kali ini memang dibuat berbeda, dengan memadukan konsep model yang difoto di empat spot berbeda yang ada di sebuah toko bangunan. Tentunya lomba seperti ini terbilang unik, karena belum ada sebelumnya. “Tema lomba foto dengan konsep home improvement ini jelas sangat menarik, apalagi event ini digelar di tempat kami, jadinya bisa sekalian promosi,” ujar Thomas William selaku Direktur Tom’s Home Improvement yang juga bertindak sebagai salah satu juri foto. Keluar sebagai Juara Umum I dan berhak atas hadiah uang senilai Rp 1,5 juta adalah Petrus Arif, disusul Juara II Rizky Wahyu, dan Juara III Ardi. Tak ketinggalan, dari setiap spot yang berjumlah empat diambil masing-masing 3 orang pemenang serta lima juara harapan. (hep/dnr) ONO

HA

RS

EM

/KP

L

SABTU (21/1) malam lalu kembali menjadi malamnya para clubbers menikmati suasana lantai dansa dengan iringin musik disko yang dimainkan dari mesin turntable. Untuk kali kesekian Starqueen Club yang berlokasi di bilangan Tanah Mas Semarang menggelar acara DJ dan Live PA dari artis asal ibukota. Mengusung tajuk acara Clas Duchess of Love, Starqueen mengundang DJ Yasmin dari Sound of Zeus Management berduet dengan Princess Joana sebagai MC/singer. Sejumlah musik upbeat tempo macam techno, trance, dan electro dimainkan keduanya dari balik perangkat turntable. Penampilan keduanya yang terlihat cantik dalam balutan busana silver and gold semakin rancak dan enerjik seiring dengan setlist dari lagu-lagu yang di-remix malam itu. Bahkan keduanya berkali-kali tanpa canggung berpose di hadapan para pengunjung klub yang sengaja ingin memotret keduanya. Selain DJ Yasmin feat Princess Joana, pesta malam minggu di Starqueen tersebut juga dimeriahkan penampilan Vaganza Band, SQ Superjuggler, SQ Hot Babes, Queen Dancer, dan tak lupa penampilan dari Resident DJ Ricky-Red DJ. (hep/dnr)

inbox

DJ Agung di RnB Nite Babyface Club & Karaoke

DJ Agung (Rhythm/Equinox) dari Jakarta bakal beraksi di RnB Nite di Babyface Club & Karaoke, mala mini. Sodoran musik RnB hasil racikan resident DJ di Equinox Jakarta ini akan mengiringi penampilan Babyface Sexy Models dan Sexy Dancers di atas stage. Selain itu, tampil pula Lime Light Band dan Resident DJ Julia dan Andrea. Untuk next event, Februari mendatang, Babyface akan menyuguhkan sesuatu yang tidak kalah seru, yaitu Disco Domino saban Rabu, dengan menampilkan DJ Boim Ghetto, serta I Love RnB setiap Jumat, yang menampilkan DJ2 dari Equinox Jakarta. Untuk info dan reservasi, silakan hubungi 087710047722 (Putri).***

djarik

Kecintaan dan Penghargaan untuk Sang Legenda KREASI penggemar Koes Plus yang satu ini memang unik. Kalau para fans biasanya menyanyikan lagu-lagu Koes Plus, yang dilakukan penggemar beratnya di Semarang ini justru membuat lagu untuk mereka. Lima dokter yang tergabung dalam djarik, bahkan telah membuat cd album yang dipersembahkan HARSEM/DOKUMENTA untuk Koes Plus. SI Nama grup vokal djarik, singkatan dari nama personelnya: Djamal Tahitoe, Juron Respati Hudoyo, Agung Sudarmanto, Rukman Kiswari, dan Iskandar. “Kami adalah penikmat lagu-lagu Koes Plus dan Koes Bersaudara. Kelompok ini ingin mengucapkan terimakasih kepada mereka, yang telah banyak berkarya untuk negeri ini, melalui nada lagu,” ungkap Agung Sudarmanto, personel yang juga humas djarik, kemarin saat bertandang ke Harsem. Dua personel Koes Plus, Yok Koeswoyo dan Murry ketika bertemu Agung, menyambut baik kehadiran album tersebut, karena kreativitas seperti ini sangat langka. Album Tribute to Koes Plus Sang Legenda ini berisi lima lagu yang diciptakan Agung Sudarmanto. Masing-masing berjudul Sang Legenda, Menanti, Persembahanku, 17 Judul Lagu, dan Karena Lagu Nusantara. Album yang dicetak seribu keping ini diedarkan secara indie oleh djarik. “CD seharga Rp 20 ribu ini sudah banyak dibeli para dokter,” ungkap alumnus Fakultas Kedokteran Undip tahun 1989 ini. Bagi para pecinta berat Koes Plus dan Koes Bersaudara, album ini tentu layak untuk dikoleksi. (tab/dnr)

HARSEM/TWITTER

HARSEM/HERY PRIY

Rutinitas Donor Darah di Hotel Semesta KEGIATAN Donor Darah “Semesta Berbagi” kembali digelar oleh PHI Semesta Hotel bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di Jl KH Wahid Hasyim 125-127, Sabtu (21/1). Sedikitnya 55 ampul darah berhasil dikumpulkan dari karyawan dan manajemen Hotel Semesta, Harian Semarang, dan Aneka Ilmu. Tak ketinggalan beberapa tamu inhouse hotel pun ikut menyumbangkan darah sebagai rasa peduli kepada sesama. “Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin per tiga bulan yang dilakukan Hotel Semesta bersama PMI. Namun selalu ada hal-hal baru dari setiap event. Alhamdulillah jumlah pendonor selalu meningkat setiap event. Kepada para pendonor kami menyediakan makanan sebagai pemulih tenaga sesudah donor. Untuk kali ini kami menyajikan aneka bubur, telur, dan minuman hangat,” ungkap Ierawati Riardi, Sales & Marketing Manager Hotel Semesta. Acara rutin ini berlangsung pukul 08.30-12.00. Tak hanya bisa menyumbangkan darahnya, para pendonor juga berkesempatan mengecek kesehatan matanya secara gratis

HARSEM/DOKUMENTASI

dari Optik Valla. Selain itu, setiap pendonor wajib menuliskan kata-kata atau kalimat di “Berbagi Kata” yang disediakan panitia. (dnr)

“Glamours Nite”, dimeriahkan oleh SQ HOME BAND dan SQ sexy dancer bisa dinikmati mulai 20.00 s/d 03.00, bebas tiket masuk dan free SQ cocktail untuk Ladies.***

AY

RABU, 25 Januari 2012

MBANGUN

JAWA TENGAH

Mutasi Tujuh Pejabat Kejati UNTUK meningkatkan pemberdayaan personel dalam organisasi kejaksaan sesuai tuntutan masyarakat, tujuh pejabat di lingkungan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dimutasi. Upacara pelantikan dan serah terima jabatan berlangsung di Aula Imam Bardjo kompleks Kantor Kejati Jateng di Semarang, kemarin, dipimpin Kepala Kejati Bambang Waluyo dan sejumlah pejabat penting. Tujuh pejabat tersebut adalah Wakil Kajati Suhardi

digantikan Ajimbar, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara dari I Gede Darwin yang dicopot karena melakukan pelanggaran disiplin diserahkan kepada Sulijati, Kepala Bagian Tata Usaha Kejati Jateng dari Zainul Arifin kepada Paryono. Kemudian, Kepala Kejaksaan Negeri Purwokerto dari Raden Puji kepada Dita Prawitaningsih, Kajari Cilacap dari Sulijati kepada Edyward Kaban, Kajari Kendal dari Sarjono Turin kepada Sigit Prayitno, dan Kajari Batang Johny Manurung kepada Nurizal Nurdin. (dnr)

Kasus Korupsi Bupati Prioritas Kejaksaan Batang

Rp 9,5 Miliar

FOTO-FOTO: HARSEM/VISITJATENG

Dana Promosi Visit Jateng 2013

Demi kesuksesan program Visit Jateng 2013, pemprov menyiapkan anggaran Rp 9,5 miliar. Bahkan, dana yang dialokasikan hanya untuk promosi itu, dianggap masih kurang.

P

ROGRAM pariwisata Tahun Kunjung Jawa Tengah atau Visit Jateng 2013 yang akan mulai dilaksanakan pertengahan 2013 mendatang dianggarkan menelan banyak biaya, khususnya dalam hal promosi guna mendukung suksesnya program tersebut. Pemprov menganggarkan dana promosi pelaksanaan Visit Jateng 2013 lebih dari Rp 9,5 miliar. Promosi, mulai dari promosi outdoor hingga bekerjasama dengan berbagai media, dilakukan sedari awal 2012 ini. Kepala Dinas Pariwisata Jateng Prasetyo Aribowo seusai rapat pemaparan dengan Gubernur Jateng Bibit Waluyo mengatakan, dana promosi tersebut digunakan untuk pasang baliho, iklan televisi, media cetak, radio, dan lain-lain. Prasetyo mencontohkan, Jateng akan memasang dua baliho di Bandara

Soekarno-Hatta Jakarta dengan biaya Rp 1,4 miliar. Selain itu, juga memasang baliho di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali dengan anggaran Rp 400 juta. “Kami juga akan memasang balihobaliho di perbatasan-perbatasan Jateng, seperti di perbatasan Tuban, Bojonegoro, Brebes, dan lain-lain,” kata Prasetyo, kemarin. Promosi lainnya melalui iklan di televisi, radio, dan media cetak. Selain itu, juga dengan membranding mobil taksi di berbagai daerah di Jateng. Walau begitu, Prasetyo menyatakan bahwa dana promosi sebesar Rp 9,5 miliar tersebut masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan dana di Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata yang punya

Untuk peluncurannya sendiri, dijadwalkan akan berbarengan dengan event Borobudur Internasional Hash House Harriers (Interhash) di Magelang. Di ajang lintas alam berskala internasional tersebut, sebanyak 2.480 peserta dari 49 negara telah mendaftar, dan ditargetkan Masih Kurang jumlah pesertanya bisa menembus 5.000 Oleh karena itu, anggaran promosi orang. untuk Jateng terbilang masih kurang, Gubernur Bibit Waluyo saat dimintai sehingga pada APBD Perubahan 2012 keterangan mengajak serta semua pihak mendatang Dinas Pariwisata Jateng akan untuk menyukseskan program pariwisata meminta tambahan anggaran promosi Jateng ini. Termasuk peran media, mulai dari sekitar Rp 5 miliar. media cetak hingga elektronik, untuk turut “Anggaran ini akan dikonsentrasikan mendukung kesuksesan Visit Jateng 2013. untuk promosi melalui iklan di televisi. Demi suksesnya program Visit Dan selama pelaksanaan Visit Jateng Jateng 2013, gubernur meminta dukungan dari kabupaten/kota serta ”Diperlukan pula visi yang sama stakeholder terkait. ”Selain itu, diperlukan agar nantinya program pariwisata pula visi yang sama ini bisa menjadi daya ungkit agar nantinya program pariwisata ini bisa peningkatan ekonomi kerakyatan.” menjadi daya ungkit peningkatan ekonomi kerakyatan. Termasuk 2013, Jateng menargetkan ada kunjungan partisipasi masyarakat untuk mengubah mindset agar lebih menjaga kebersihan, wisatawan nusantara sebanyak 25 juta perilaku ramah tamah, dan kesantunan orang, sedangkan yang berasal dari agar orang yang datang bisa senang,” wisatawan asing sebanyak 500 ribu kata Bibit Waluyo. (hep/dnr) orang,” ungkapnya. anggaran promosi sebesar Rp 850 miliar. “Promosi wisata memang sangat mahal, contohnya untuk satu iklan di televisi dengan durasi spot 30 detik saja sudah seharga Rp 15 juta,” paparnya.

Kepodang Berbusana Jawa

Maskot Visit Jateng 2013 BURUNG Kepodang berbusana khas Jawa akan menjadi maskot program Tahun Kunjungan Wisata Jawa Tengah atau Visit Jateng 2013. “Kepodang merupakan fauna khas Jawa Tengah yang memiliki filosofi tinggi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prasetyo Aribowo di Semarang, kemarin. Prasetyo menjelaskan, Burung Kepodang melambangkan kekompakan, keselarasan, keindahan budi pekerti, sekaligus melambangkan generasi muda. Selain maskot, pemerintah provinsi juga telah menyiapkan logo yang akan digunakan untuk

mengenalkan program tahun kunjungan wisata provinsi ini. Logo tersebut berupa grafis pasangan laki-laki dan perempuan penari yang merupakan personifikasi dari kehidupan, kesuburan, dan keharmonisan. “Logo ini akan dikenal dengan nama Loroblonyo,” jelas Prasetyo. Selain maskot serta logo, juga disiapkan slogan “More Then Friendly” yang dimaksudkan sebagai cermin masyarakat Jawa Tengah yang ramah, terbuka, serta toleran. Maskot dan logo akan diluncurkan bersamaan dengan

kegiatan Borobudur Internasional Hash House Harriers 2012, pada pertengahan Mei mendatang. Kegiatan olahraga lintas alam tersebut, akan diikuti sekitar lima ribu peserta dari 49 negara. “Saat ini sudah ada 2.480 peserta dari dalam dan luar negeri yang memastikan keikutsertaannya dalam ajang tersebut,” ujar Prasetyo. Kegiatan yang bakal dihadiri para wisatawan asing tersebut, menurutnya, akan menjadi momentum baik untuk meluncurkan maskot dan logo Visit Jateng 2013. (dnr)

Bandara Ahmad Yani menuju “Green Airport” menyatakan, bandara hijau tersebut nantinya semaksimal mungkin memanfaatkan energi alam yang sangat ramah lingkungan. Seluruh bangunannya dibangun dengan nuansa ruang terbuka dan dipenuhi dengan tanaman. “Nantinya Bandara Ahmad Yani Semarang akan menggunakan bangunan dengan atap yang bernuansa ruang terbuka dan penuh dengan tanaman hijau,” kata Urip seusai menghadiri paparan program Visit Jateng 2013 di Semarang, kemarin. Urip menjelaskan, green airport memiliki HARSEM/DOKUMENTASI beberapa pengertian, yakni tampilan fisik betulbetul penuh dengan tumbuh-tumbuhan hijau. BANDAR Udara Ahmad Yani direncanakan akan menjadi Selain itu, bandara hijau juga berarti sumber daya bandara ramah lingkungan dan peduli kelestarian alam. energi yang dimanfaatkan benar-benar berorientasi Ke depan, konsep green airport (bandara hijau) akan untuk kelestarian alam dan efisiensi energi. Misalnya diterapkan di lapangan udara bertaraf internasional menggunakan listrik seefisien mungkin, karena pada tersebut. siang hari tak perlu menggunakan listrik. Kepala Dinas Perhubungan Jateng Urip Sihabudin

Caranya, bangunan bandara di-setting dengan konsep ruang terbuka yang penuh dengan pohon dan tanaman. Urip mencontohkan, terminal pemberangkatan dan kedatangan penumpang atapnya menggunakan kaca-kaca agar sinar matahari bisa leluasa masuk, sehingga akan menghemat penggunaan lampu listrik. Tujuannya, agar sistem pengelolaan bandara dipastikan seefisien mungkin dan menghemat energi. “Sedangkan untuk penggunaan air tanah akan diupayakan seefisien mungkin, serta bisa diolah kembali. Tumbuhan vertikal juga tumbuh dalam bangunan airport,” papar Urip. Urip menegaskan, konsep bandara yang sangat hijau di Semarang ini merupakan yang pertamakali di dunia. Saat ini, master plan sudah selesai dan sudah masuk dalam tahap pelelangan. Ditarget, pada pertengahan 2013 mendatang, bandara berkonsep green ini sudah bisa dioperasikan. (hep/dnr)

PENANGANAN kasus dugaan korupsi APBD Kabupaten Batang dengan tersangka bupati Bambang Bintoro, akan menjadi prioritas penanganan Kejaksaan Negeri Batang. ”Kasus dengan tersangka Bupati Batang tersebut menjadi salah satu prioritas kami, selain kasus-kasus tindak pidana korupsi yang lain,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Batang Nurizal Nurdin di Semarang, kemarin. Hal tersebut diungkapkan Nurizal usai dilantik sebagai Kajari Batang menggantikan pejabat sebelumnya di Aula Imam Bardjo kompleks kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Nurizal mengatakan, akan mempelajari kasus korupsi APBD Kabupaten Batang dan berkoordinasi dengan Kepala Seksi Pidana Khusus dan Kepala Seksi Intelijen Kejari Batang untuk menentukan langkah-langkah penanganan selanjutnya. ”Intinya saya janji akan menuntaskan kasus korupsi Bupati Batang ini dan meneruskan program kerja kajari yang menjabat sebelumnya,” ujarnya. Terkait penanganan kasus korupsi Bupati Batang Bambang Bintoro, Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah mempertanyakan keseriusan kejaksaan dalam memeriksa yang bersangkutan pada Rabu (18/1) lalu. KP2KKN Jateng juga telah melayangkan surat kepada Kepala Kejati Jateng agar berkenan memberikan salinan surat permohonan izin Presiden yang telah dikirimkan kejaksaan dalam memeriksa Bupati Batang yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Februari 2012. Permintaan pemberian salinan surat izin Presiden tersebut berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan sebagai bentuk kontrol terhadap kinerja kejaksaan. Pada tahun 2008, kejaksaan menetapkan Bupati Bambang Bintoro sebagai tersangka kasus dugaan korupsi APBD Kabupaten Batang sebesar Rp 769 juta yang dibagibagikan ke anggota DPRD setempat periode 1999-2004. Kasus dugaan korupsi terkait pemberian uang purnatugas bagi anggota DPRD Kabupaten Batang yang dilakukan di Ruang Mawar Gedung DPRD setempat itu, juga melibatkan beberapa mantan pejabat daerah dan pimpinan DPRD yang saat ini telah menjalani masa hukuman. (dnr)

11 Perusahaan Ajukan Penangguhan UMK 2012 SEDIKITNYA 11 perusahaan yang ada di Jateng mengajukan permohonan penangguhan pembayaran upah kepada para karyawannya, menyusul dikeluarkannya ketetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2012 pada 18 November 2011 lalu. “Perusahaan yang mengajukan penangguhan kebanyakan dari industri garmen, mencapai 50 persen. Dan sisa lainnya beragam, seperti perusahaan otobus dan industri cerutu,” kata anggota Dewan Pengupahan Jateng Eko Suyono, kemarin. Eko menjelaskan, awalnya jumlah perusahaan yang mengajukan permohonan penangguhan berjumlah 14 perusahaan. Namun karena dianggap tidak memenuhi persyaratan penangguhan, maka tiga perusahaan yang mengajukan mencabut berkas permohonannya. Untuk 11 perusahaan yang mengajukan penangguhan tersebut saat ini telah diverifikasi oleh Dewan Pengupahan Jateng dan Disnakertranspenduk Jateng. Dan rencananya pada pekan depan akan diputuskan perusahaan mana saja yang diterima permohonan penangguhannya. “Yang jelas kami sangat hati-hati dalam memutuskan pemberian izin penangguhan pembayaran UMK ini. Dari kami pun saat melakukan verifikasi tidak sekadar memeriksa kelengkapan persyaratan administrasi saja, namun juga turun ke lapangan melihat langsung kondisi perusahaan,” ungkap Kepala Disnakertranspenduk Jateng Edison Ambarura. Disinggung tentang perusahaan mana saja yang nantinya diterima permohonan penangguhannya, Edison hanya mengatakan bahwa untuk hal tersebut pihaknya akan mengumumkannya dalam waktu dekat ini kepada media. Sebagai tambahan, dari data Disnakertranspenduk Jateng tercatat bahwa pada 2011 lalu terdapat 21 perusahaan yang mengajukan permohonan penangguhan pembayaran UMK 2012. Dari jumlah tersebut, yang disetujui penangguhannya ada 19 perusahaan, satu ditolak, dan satu perusahaan lagi mencabut berkasnya. Rata-rata, perusahaan yang mengajukan penangguhan tersebut didominasi perusahaan yang bergerak dalam bidang garmen, sedang sisanya bergerak dalam bidang kayu, pertanian, dan beberapa jenis industri lainnya. (hep/dnr)

rabu, 25 Januari 2012

harian semarang

AGAM

10 5

pok kePSIS harian Ketat, Persaingan semarang

Papan Atas

UKUM & KRIMINAL

MeMasuki pekan kelima Liga Prima Indonesia 2011/2012, persaingan tim-tim papan atas berjalan sangat ketat. Perolehan poin di lima besar masih terpaut tipis sehingga perebutan posisi terhormat akan menghiasi laga berikutnya. Persaingan sengit ini melibatkan empat tim yang menempati posisi dua sampai lima klasemen sementara, yaitu PSIS, Persepar, Persis, dan Persipasi. Pasalnya, keempat tim tersebut sama-sama mengantongi tujuh poin. Sementara PSCS Cilacap juga harus berjuang mempertahankan posisinya di puncak dengan sembilan poin. Pelatih PSIS Edy Paryono mengaku tak ingin kehilangan kesempatan dalam perebutan posisi puncak. Ia kembali mempersiapkan timnya dalam menghadapi Persikab Kab. Bandung di Stadion Jatidiri, pekan ini. “Ya, poin cukup tipis sehingga persaingan sangat ketat. Kami akan terus berusaha keras untuk tetap meraih posisi teratas.,” ujar Edy Paryono usai melatih di Stadion Jatidiri, kemarin sore.

harian semarang

ITIS

harian semarang

LWALKOT HARSEM/INDRA PRABAWA

Melawan Persikab, Sabtu mendatang, diperkirakan warna biru di bangku suporter bakal langka

Dukung PSIS Lawan Persikab

Suporter Pakai Baju Koko Oleh Wiwig Prayugi Publik Jatidiri akan tampil ‘nyleneh’ saat Psis menjamu Persikab, sabtu pekan ini, dengan berbaju koko!

i

MBauan untuk tidak mengenakan atribut disambut positif oleh suporter. Sesepuh SneX menghimbau agar sneXers yang akan menonton laga PSIS versus Persikab memakai baju koko warna hitam. Ya, baju koko dinilai bisa mewakili rasa belasungkawa terhadap kepergian salah satu anggotanya, Ofik Arangga yang meninggal usai dikeroyok paska laga PSIS kontra PSIR, 14 Januari. Ide ini juga menindaklanjuti larangan suporter mengenakan atribut.

“Kami akan mengekspresikan isi hati kami dengan cara menyuport PSIS berpakaian koko (baju muslim) hitam saat PSIS melawan Persikab,” kata sesepuh SneX, Boim. Boim menambahkan, bagi teman-teman yang tidak punya baju koko atau yang nonmuslim memakai baju biasa bernuansa hitam. Tadi malam, pengurus teras SneX dan beberapa sesepuh membahas masalah kostum ini di Citarum. “Dari Semarang Barat, Korwil kami (Korwil Tapak 212) juga akan memakai baju koko. Rombongan Tapak yang bakal berangkat ke Jatidiri dengan menumpang dua truk akan menunggu rombongan dari Kaliwungu (Kendal) supaya berangkatnya bersamaan. Direncanakan, kawan-kawan dari Kaliwungu juga akan memakai busana muslim warna hitam,” tutur Kajine Soleh, sesepuh lain SneX, tadi malam, di teras Stadion Citarum. Senada dengan SneX, Panser Biru juga mengimbau anggota yang akan datang

ke stadion mengenakan baju koko. Beda dengan SneX, Panser Biru bakal mengenakan koko warna putih. Agar lebih unik, anggota juga bisa mengenakan peci atau membawa rebana. Kalau ada yang tidak memiliki baju koko, Panser Biru mempersilakan anggotanya memakai kemeja atau batik bernuansa putih. “Yang penting ajang ini bisa menjadi titik awal perdamaian suporter Semarang. Dengan tampil beda malah bisa menghibur masyarakat. Suporter juga harus bisa menghibur penonton di Jatidiri,” tandas Pjs Ketum Panser Biru, Lukman Syah. Yuk, rekonsiliasi Selain memakai baju koko, SneX juga akan menggelar doa bersama sebelum pertandingan untuk Almarhum Ovik. Sebelumnya, usai terjadi keributan yang menewaskan Ovik, PSIS nyaris kesulitan mendapatkan izin dari kepolisian. Beberapa syarat pun harus dipenuhi suporter agar PSIS

tetap bisa berlaga di Semarang. Salah satu syaratnya ialah melepaskan atribut dan rekonsiliasi antarkedua organisasi suporter di Semarang tersebut. Manajemen mengimbau agar semua suporter mengenakan pita dan baju putih untuk solidaritas pada almarhum. Yang lebih penting, pelepasan atribut kali ini harus menjadi ajang perdamaian suporter Semarang. Bukan tak mungkin, dengan mengenakan baju koko, suporter yang biasanya tampil cuek akan terlihat rapi dan tampan. “Yang penting rekonsiliasi harga mati bagi Panser Biru. Semua harus introspeksi diri, jangan sampai apa yang dilakukan merugikan orang lain,” tambah Lukman. Jika semua suporter arus bawah mengiyakan, Jatidiri tak lagi ‘seram’ dengan adanya dua perbedaan. Syukur-syukur, dengan berpakaian koko dan peci, penonton umum jadi terhibur dan pemain lebih semangat saat bertempur. (rif)

Komang Ingin Pensiun di Semarang

I Komang Putra Adnyana HARSEM/INDRA PRABAWA

BerunTung PSIS kembali merekrut mantan kiper lamanya, I Komang Putra Adnyana. Meski tak lagi muda, Komang tetap konsisten di bawah mistar. Terbukti, gawang PSIS baru kebobolan satu kali saat ditaklukan PSCS, Jumat lalu. Komang memang masih garang. Berkalikali ia menyelamatkan gawang PSIS. Tak ayal, legenda mistar gawang yang juga ayah dua anak ini terus dipercaya pelatih Edy Paryono sebab penampilannya yang stabil. Tak hanya itu, Komang memiliki pengaruh besar bagi tim. Sepanjang pertandingan, PSIS mendapatkan tekanan di awal-awal pertandingan, tetapi bisa keluar dari situasi sulit. “Komang bisa menciptakan rasa aman di barisan pertahanan. Ini sangat berpengaruh untuk memupuk rasa percaya

diri lini per lini. Saya yakin dia masih onfire sampai 40 lebih sekalipun,’’ kata pelatih kiper Agus Yatmono. Musim ini juga menjadi ujian tersendiri bagi mantan kiper Arseto Solo ini. Komang berencana mengakhiri karirnya di PSIS. Namun, selagi ia masih kuat, ia pun belum ingin menggantung sarung tangannya. “Kalau musim depan masih dipercaya, tentu saya masih ingin bermain. Selepa itu, saya juga harus memikirkan masa depan dan mencoba menjajaki dunia pelatih,” kata Komang. “Prioritas saya PSIS karena ingin dekat dengan keluarga saya di Solo. PSIS pelabuhan saya terakhir sebelum gantung sepatu. Di sini juga lah saya pernah mencicipi banyak gelar,” cetus pria kelahiran Denpasar, 6 Mei 1972, ini. (wig/rif)

Legiun Asing Kian Bertaring arsiTek PSIS Edy Paryono mengatakan bahwa pemain asing yang dimilikinya kian menunjukkan peningkatan secara skill individu maupun kerjasama tim. Hal ini akan menjadi senjata ampuh pada pertandingan selanjutnya di Divisi Utama Liga Prima Indonesia 2011/2012. “Ya, perkembangan pemain asing cukup menggembirakan. Mereka tidak hanya mengandalkan permainan individu, tapi sudah paham bagaimana cara kerja tim,” ujar Edy Paryono usai melatih di Stadion Jatidiri, kemarin. Sebelumnya, beberapa pemain asing kerap mendapat teguran karena kesulitan beradaptasi dengan karakter permainan yang diterapkan Edy Paryono. Pelatih berkacamata minus ini membekali para pemainnya dengan gaya permainan bola-bola cepat dengan sedikit sentuhan. “Dulu memang ada yang kurang bisa menjalankan gaya permainan ini. tapi karena ini sudah menjadi cirri khas PSIS,

Vitor Borges dengan progresnya yang sesuai harapan publik ya harus dipahami,” lanjutnya. Kondisi ini juga akan mengancam

HARSEM/INDRA PRABAWA

beberapa pemain lokal yang selama ini menjadi starter. Pasalnya, legiun

asing bisa mencuri hatinya. Namun, EP mengatakan hal itu tidak benar. Menurutnya, kepastian pemain ditentukan sesuai kebutuhan tim dan lawan yang akan dihadapi. “Tidak akan mempengaruhi hal itu. Setiap pemain mempunyai kemungkinan menjadi starter, karena lawan yang akan kami hadapi berbedabeda,” paparnya. Kendati demikian, EP berharap pemain asingnya bisa bermain di tiap laga. Ia menilai, pemain asing harus memiliki charisma sebagai pemain pendatang. “Pemain asing setidaknya memiliki kemampuan yang lebih. Ya, harus tampil optimal dan memebrikan yang terbaik untuk tim,” cethusnya. Ia menambahkan, Simone Quintieri, Vitor Borges de Souza, dan Han Ji Ho berpeluang besar menjadi starter saat Mahesa Jenar menjamu Persikab Bandung di Stadion Jatidiri, akhir pekan ini. (wse/rif)

4

16 8

Tampil Habis-habisan Laga menghadapi Persikab menjadi keuntungan tersendiri bagi Mahesa Jenar. Donny Siregar cs diperkirakan akan bermain habis-habisan, karena tampil di kandang sendiri. “Harapan kami para pemain bisa tampil maksimal, karena bermain di kandang sendiri adalah kesempatan besar untuk meraih kemenangan,” lanjut EP, begitu ia disapa. Ditambahkan, meski Si Jalak Harupat berada di papan bawah, ia tetap menginstruksikan kepada para pemainnya supaya tidak meremehkan lawan. “Jangan sampai membeda-bedakan lawan. Saya pikir semua tim mempunyai keinginan yang sama, yaitu menang dan berposisi yang paling atas,” tuturnya. Sejauh ini, tim kebanggaan publik Semarang ini terus melakukan perbaikanperbaikan atas kekurangan di pertandingan PSCS Cilacap, pekan lalu. “Semua pemain dalam kondisi baik dan kami terus menjalani persiapan untuk partai berikutnya. Tentu untuk meraih poin sempurna,” imbuh EP. (wse/rif)

SP RT

rabu, 25 Januari 2012

AGAM

harian semarang

Oleh Tri Wuryono Liverpool akan berusaha memburu gelarnya yang pertama sejak enam tahun lalu. Syaratnya, The Reds harus melewati Manchester City agar lolos ke final Piala Carling.

UKUM & KRIMINAL

N

RITIS

LWALKOT tv, c n m g ngSun l 02.45 WiB a L n a r Sia 6/1), puku 2 kamis (

KEJAR GELAR

11 5

datang ke Anfield nanti juga berbeda. Meski masih belum bisa menampilkan Vincent Kompany, Kolo dan Yaya Toure, The Citizens bakal diperkuat David Silva. Winger dan kreator serangan City ini absen di pertemuan pertama karena cedera. Kehadiran eks Valencia ini bakal memberi separuh kekuatan untuk Manchester Biru. Silva merupakan pengoleksi assist terbanyak City. Total 16 assist dibukukan pesepakbola 26 tahun ini di semua kompetisi. Sementara di kubu Liverpool, ketergantungan terhadap Luis Suarez berdampak pada produktivitas gol The Kop. Tanpa bomber Uruguay yang diskors delapan laga tersebut, Liverpool hanya mampu mencetak lima gol dalam lima partai. The Anfield Gang juga selalu kesulitan memetik kemenangan di kandang. Dari 11 partai kandang Liga Premier, The Reds tujuh kali menuai hasil seri. Inilah yang menjadi sorotan mantan gelandang The Reds Dietmar Hamann. “Aku tak yakin apa mereka bisa meredam City lagi. Jika Liverpool ingin lolos, mereka harus bikin gol dan di sinilah masalahnya karena saat ini mereka sulit mencetak gol,” komentarnya di Mirror. Menurutnya, Liverpool harus sukses melangkah ke final jika ingin mengembalikan kepercayaan diri setelah terseok-seok di liga. “Sudah enam tahun Liverpool berusaha dan mereka punya peluang emas tahun ini. Dan jika mereka sampai ke final, Anda akan menjagokan mereka atas klub Championship (Crystal Palace atau Cardiff).” ***

harian semarang

4

harian semarang

16

harian semarang

8

AMA besar Liverpool sebagai pemilik 18 gelar Liga Inggris, kini hanya tinggal kenangan. Sudah terlalu lama The Reds absen mengangkat trofi. Gelar terakhir yang digenggam Si Merah adalah Community Shield 2006, alias enam tahun silam! Nah, musim ini Liverpool masih punya dua kesempatan untuk meraih trofi, setelah gelar Liga Primier mustahil digapai. Saat ini hanya tersisa Piala Carling dan Piala FA yang masih mungkin dimenangi Steven Gerrard cs. Piala Carling menjadi sasaran terdekat The Reds. Kamis (26/1) WIB, Liverpool bakal menjamu Manchester City di leg 2 babak semifinal. Peluang untuk melaju ke partai puncak cukup terbuka karena di leg 1 skuad Kenny Dalglish menang 1-0 di markas City. Namun jika menilik performa terkini, laju Si Merah tak akan mudah. Akhir pekan lalu mereka baru saja takluk 1-3 dari tim papan bawah Bolton. Sebaliknya, City tengah berada dalam tren positif usai menang dramatis atas Tottenham Hotspurs. Skuad Roberto Mancini yang bakal

PRAKIRAAN PEMAIN Liverpool 4-2-3-1: Reina, Johnson, Skrtel, Agger, Enrique, Adam, Spearing, Bellamy, Gerrard, Downing, Carroll Man City 4-2-3-1: Hart, Richards, Lescott, Savic, Zabaleta, Barry, de Jong, Nasri, Silva, Aguero, Dzeko

hARseM/ReuTeRs

Barcelona vs Real Madrid

Pantang Seri

MARIO Balotelli kemungkinan besar bakal absen saat Manchester City menyambangi Anfield. Striker Italia itu didakwa FA sengaja mencederai wajah Scott Parker kala City menjamu Tottenham Hotspurs di Etihad Stadium, Minggu (22/1). Pihak klub kemungkinan tidak akan mengajukan banding atas dakwaan tersebut. Penyerang berusia 21 tahun ini pun terancam skorsing empat pertandingan. City punya waktu hingga Rabu (23/1) pukul 6.00 sore waktu setempat untuk mengajukan banding atas hukuman ini. Kalau mereka banding, maka Balotelli bisa memperkuat City di leg kedua semifinal Piala Liga Inggris kontra Liverpool. Tapi, setelah mempelajari tayangan ulang insiden yang melibatkan Balotelli dan Parker, plus mempertimbangkan adanya kemungkinan hukuman tambahan kalau banding ditolak, City sepertinya akan menerima dakwaan FA. “Kami tampaknya akan tanpa seorang pemain untuk empat pertandingan,” ungkap Asisten Manajer City, David Platt, seperti dikutip Soccernet. “Saya tidak berpikir seorang pun berpikir bahwa kami akan menang banding dalam kasus Vincent Kompany, bahkan meski mayoritas orang-orang merasa dia tidak layak mendapatkan kartu merah atau skorsing empat partai. Kadang-kadang, ini menunjukkan kesia-siaan banding,” katanya. (twu)

one, v punya masalah atau t g n u B S i g W tidak,” sahut Iniesta di n a 0 L 0 Yahoosports. Siaran /1), pukul 04. Iniesta dan kubu Barca 26 kamis ( jelas tak mau terjebak sendiri

hARseM/geTTy iMAges

Mario Balotelli terancam skorsing empat pertandingan

EL CLASICO bakal kembali tersaji, Kamis (26/1) dinihari WIB di leg kedua perempatfinal Copa del Rey. Kali Barcelona yang menjadi tuan rumah, setelah pekan lalu membungkam Real Madrid 2-1 di Santiago Bernabeu. Meski cuma butuh hasil seri untuk melaju ke semifinal, tapi Los Cules tetap memburu kemenangan demi gensi el clasico. Kemenangan dalam partai klasik ini tentu saja akan menambah kepercayaan diri Leo Messi cs yang tengah memburu Madrid di La Liga. “Kami akan bermain untuk menang. Kalau kami cuma mencoba untuk mengejar hasil imbang, khawatir akan kalah, maka kami akan punya banyak masalah karena Madrid akan datang ke sini untuk menang dan mereka punya pemain yang bisa melakukan itu,” jelas gelandang Barca, Andres Iniesta, di situs resmi klub. “Yang saya inginkan adalah tim bermain bagus. Kami akan mendapatkan dukungan fans kami,” tambahnya. Gelandang timnas Spanyol ini juga tak mau terpengaruh dengan kabar keretakan di kubu lawan. Menurutnya, Madrid tetaplah Madrid. Dengan skuad hebat yang dimiliki dan fakta bahwa mereka masih memuncaki klasemen sementara merupakan bukti nyata potensi bahaya yang dimiliki Iker Casillas dkk. “Mereka memuncaki liga, mereka masih bisa lolos ke semifinal Copa del Rey dan mereka lolos ke babak berikutnya Liga Champions. Dari sudut pandang pihak luar, sulit untuk mengetahui apakah mereka

oleh santernya kabar yang mengatakan Jose Mourinho mulai kehilangan kepercayaan dari pemain. Sekali saja mereka lengah, Madrid bisa membalikkan keadaan dengan meraih kemenangan di Camp Nou. Posisi Jose Mourinho yang dikabarkan mulai terancam ini bisa jadi bakal memengaruhi hasil pertandingan. Fakta bahwa Mou lebih sering kalah dari enam kali melakoni el clasico, membuat sebagian Madridista gerah. Namun, situasi ini tak menggoyahkan optimisme entrenador asal Portugal itu untuk memenangi laga di Camp Nou. “Kami punya lima angka lebih banyak

Australia Terbuka

Wozniacki Terdepak PETENIS putri peringkat pertama, sekaligus unggulan utama Australia Terbuka Caroline Wozniacki harus angkat koper dan gagal melangkah ke semifinal. Adalah Kim Clijsters membuat harapan Caroline Wozniacki untuk memenangi Grand Slam pertamanya kembali kandas. Bertanding di Rod Laver Arena, Melbourne Park, Selasa (24/1) siang WIB, Clijsters tampil efisien di set pertama. Dalam waktu 43 menit, dia menang 6-3. Di set kedua, Wozniacki memberi perlawanan yang jauh lebih

sengit. Sempat tertinggal 3-5, unggulan teratas asal Denmark ini mampu menyamakan kedudukan dan kemudian memaksakan tie break. Tapi, harapan Wozniacki untuk memaksakan digelarnya set ketiga tak kesampaian. Dia kalah 4-7 di tie break. Clijsters pun melenggang ke semifinal dengan kemenangan 6-3 dan 7-6. Di babak empat besar, Clijsters akan bertemu unggulan ketiga, Victoria Azarenka. Di partai sebelumnya, Azarenka menyingkirkan Agnieszka

Radwanska lewat duel tiga set yang berakhir 6-7, 6-0, dan 6-2. Sementara, di bagian putra, mantan petenis nomor satu dunia Roger Federer menyentuh angka 1.000 untuk pertandingannya di level tour. Menang atas Juan Martin del Potro, bintang Swiss itu menembus semifinal Australia Terbuka. Keberhasilan Federer mengalahkan Del Potro tergolong mudah karena dicapai dalam tiga set langsung, yakni 6-4 6-3 6-2, di Rod Laver Arena, Melbourne,

Selasa (24/1/2012). Unggulan ketiga itu memastikan kemenangannya setelah mematahkan dua kali servis Del Potro. Unggulan kedua Rafael Nadal juga sukses menembus semifinal, meski harus menghabiskan waktu empat jam lebih untuk menghentikan perlawanan Tomas Berdych. Menghadapi Berdych di Rod Laver Arena, Melbourne, Selasa (24/1/2012), Nadal berhasil mengalahkan petenis yang performanya sedang sangat bagus itu dengan 6-7 7-6 6-4 6-3. (twu)

Wozniacki terlempar dari persaingan Australia Terbuka dan kehilangan peringkat pertama

hARseM/ReuTeRs

dibanding tim yang semua orang pikir adalah yang terbaik di dunia,” tukasnya. “Ketika kami datang ke sini, klub ini (Madrid) punya sebuah tradisi tersingkir di Copa del Rey oleh tim-tim divisi lebih rendah. Kami telah memenangi piala itu. Kami pimpinan liga saat ini. Aku tidak melihat kami punya banyak masalah, atau kami melakukan banyak hal dengan buruk.” (twu)

PRAKIRAAN PEMAIN Barcelona 4-3-3: Pinto, Alves, Puyol, Pique, Abidal, Iniesta, Sergio, Xavi, Fabregas, Messi, Sanchez Real Madrid 4-2-3-1: Casillas, Arbeloa, Ramos, Carvalho, Marcelo, Alonso, Diara, Ronaldo, Ozil, Kaka, Benzema

hARseM/geTTy iMAges

City Tanpa Balotelli

pendidikan

12

RABU, 25 Januari 2012

Di SD Kranggan, Biaya Bisa Dinegosiasikan ANGGARAN untuk membayar tunjangan sertifikasi guru se-Kota Salatiga pada tahun anggaran 2012 mencapai Rp 36 miliar. Guru yang menerima tunjangan berjumlah 1.300 orang. Anggaran sudah ditetapkan di APBD Kota Salatiga Tahun 2012 pada pos anggaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Ketua Komisi I DPRD Kota Salatiga HM Kemat mengatakan, bahwa dana tersebut berasal dari dana alokasi umum (DAU) dari pemerintah pusat. Pembayarannya dilakukan dengan bertahap, tiap semester sekali. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas guru agar ke depannya lebih berkualitas dan profesional. Harapannya, sertifikasi guru diikuti peningkatan sumber daya manusia (SDM) secara optimal dan maksimal. “Untuk itu, pihak Disdikpora selaku leading sector dapat melakukan pengawasan terhadap para guru yang sudah bersertifikasi. Sehingga, mereka lebih porfesional dibanding guru yang belum bersertifikasi. Selain itu, Disdikpora harus melakukan evaluasi terhadap kinerja guru bersertifikasi secara rutin,” jelas M Kemat ketika ditemui Harsem, di gedung dewan, Sabtu (21/1). Ditambahkan, pengawasan dan pantauan dapat dilakukan dinas secara ketat. Jangan sampai ada guru sudah bersertifikasi yang ‘keluyuran’ pada jam mengajar. Jika masih muncul seperti ini, berarti tugas Disdikpora dalam melakukan pembinaan tidak berhasil. Kemat juga menyebutkan, jika anggaran pendidikan Kota Salatiga sekarang ini sudah mencapai 35% lebih dari total APBD 2012 yang berjumlah sekitar Rp 510 miliar. Dengan telah dinaikkannya anggaran pendidikan, Disdikpora harus meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan mutu pendidikan. Masyarakat, khususnya para orangtua siswa tetap memiliki andil yang besar dalam peningkatan mutu pendidikan. Sehingga, harus ada sinergi antara masyarakat, sekolah, maupun pemerintah. (hes/nji)

RSBI Harus Dievaluasi Total SUDAH 7 tahun berjalan, semua rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di Kota Semarang belum mencapai tingkatan sekolah standar internasional (SBI). Sebaliknya, juga tak ada yang diturunkan pangkatnya menjadi sekolah standar nasional (SSN). Hal ini dianggap ‘aneh’, karena terkesan tak ada evaluasi. “Harusnya pemerintah tegas, RSBI harus dievaluasi total. Kalau memang ada yang tidak memenuhi kualifikasi, ya harus diturunkan derajatnya jadi SSN. Kalau memang ada yang layak dan mumpuni, ya jangan segan-segan dinaikkan statusnya menjadi SBI,” kata Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv. Menurut Zen, hasil verifikasi yang dilakukan pemerintah terhadap RSBI di Indonesia dinilai tidak tepat. Karena, dalam hasilnya menyatakan tidak ada satu pun RSBI yang layak menjadi SBI. Oleh karena itu, pemerintah harus merancang ulang rumusan standar baku pendidikan internasional yang harus diikuti sekolah yang ingin menjadi bertaraf internasional. “Program ini kan sudah berjalan tujuh tahun lamanya, tapi tak ada yang menjadi SBI atau diturunkan jadi SSN. Apalagi selama ini citra RSBI di mata masyarakat sudah negatif, jadi sudah seharusnya pemerintah mengeluarkan kebijakan yang tegas dan kongkrit,” tandasnya. Sesuai dengan ketentuan yang ada, untuk menyandang status RSBI, bagi sekolah di tingkat SD dan SMP memiliki waktu selama tiga tahun. Sedangkan untuk SMU/SMK diberikan waktu selama lima tahun. Sehingga, jika SD/SMP/SMU/SMK yang berstatus RSBI sudah melewati masa waktu tiga dan lima tahun, maka harus dievaluasi. Jika memang memenuhi standar sekolah internasional maka statusnya dinaikkan menjadi SBI, namun jika memang tidak bisa memenuhi standar tersebut, maka statusnya menjadi SSN. (hep/nji)

Tak semua sekolah mematok ‘tarif’ biaya pendidikan. Di SD Kranggan, orangtua siswa boleh membayar semampunya.

S

UDAH cukup banyak sekolah swasta yang membuka pendaftaran untuk penerimaan siswa baru. Meski belum sepenuhnya membuka pendaftaran, namun sudah banyak yang bisa menerima siswa baru. Salah satunya yaitu SD Kranggan. Kepala Sekolah, Lydia Listiawati mengatakan, begitu juga yang dilakukan sekolahnya. “Memang kalau membuka pendaftaran, itu belum kami lakukan. Karena memang belum saatnya. Namun demikian, jika ada calon siswa yang ingin mendaftar sekarang akan kami terima,” jelasnya kepada Harsem saat ditemui di ruang kerjanya. Dikatakan, mengenai hal tersebut, pihaknya akan membuka pendaftaran bersamaan dengan yang dilakukan oleh sekolah negeri. “Tapi memang sejauh ini sudah banyak orangtua calon siswa yang bertanya tentang apa saja syarat administrasi yang harus dipenuhi ketika mendaftar,” urainya. Pihak sekolah sejauh ini selalu berusaha memberikan Informasi yang dibutuhkan secara detail dan akurat. “Supaya tidak ada kebingungan dari orangtua siswa. Karena bagaimana pun

juga kan pasti ada orangtua yang punya pengalaman pernah mendaftarkan anaknya, namun ada juga yang belum,” paparnya. Dikatakan, meskipun SD Kranggan merupakan sekolah swasta, namun demikian, biaya sekolah bukanlah hal yang dinomorsatukan. “Pastilah pendaftarnya nanti berasal dari berbagai macam latar belakang,” jelasnya. Untuk itu, mengenai biaya sekolah, pihak sekolah berusaha untuk proaktif dengan pihak orangtua siswa. “Memang jujur saja tidak ada diskon pada pendaftaran ini, namun demikian, bukan berarti tidak bisa dibicarakan,” kata dia. Dibicarakan, dalam hal ini yaitu untuk mencapai kesepakatan. “Pasti kesepakatan itu hasil dari setelah kami tahu seberapa mampu si orangtua siswa. Jadi jangan dipaksakan harus bayar ini itu, kalau tidak mampu kan kasihan,” jelasnya. Mengenai pembayaran SPP yang dilakukan setiap bulan, pihak sekolah sebelumnya sudah membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan orang tua siswa. “Jadi misalnya sanggup membayar sekian, itu yang menentukan pihak sekolah dan orangtua. Hal itu dilakukan

supaya tidak ada yang merasa dirugikan,” jelasnya. Untuk itu, pastilah pihak sekolah akan menerapkan sistem subsidi silang. “Subsidi silang ini perlu dilakukan. Sebelumnya kami juga menerapkan sistem yang sama,” jelasnya. Selain itu, kemudahan yang lain yaitu pembayaran bisa

diangsur oleh orangtua siswa. “Pembayaran bisa diangsur, karena itu untuk kemudahan siswa juga,” tambahnya. Mengenai jumlah siswa, pada tahun ajaran depan, pihak sekolah akan membatasi 20 siswa. “Melihat jumlah siswa yang kemarin-kemarin, kalau sampai sekolah kami bisa dapat 20 siswa,

HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI

PKK Demak Buka Pos PAUD

Para siswa Pos PAUD Tunas Harapan tengah bermain KURANGNYA lembaga pendidikan bagi anak usia dini mendorong PKK Desa Bakalrejo, Guntur, membuka Pos PAUD. Karena keterbatasan anggaran,

kelompok bermain (playgroup) ini hanya menggunakan fasilitas terbatas dan seadanya. Kendati sudah berdiri dua lembaga PAUD di Desa Bakalrejo,

itu merupakan sesuatu yang luar biasa,” jelasnya. Hal tersebut dikarenakan, letak SD yang berada di kawasan Pecinan tersebut punya banyak pesaing. “Kebetulan jumlah sekolah yang ada di daerah ini cukup banyak, jadi orangtua siswa juga punya banyak pilihan,” ujarnya. (nji)

Para siswa SD Kranggan sedang bermain di halaman sekolah

HARSEM/SUKMA WIJAYA

Tunjangan Guru Salatiga Rp 36 Miliar

Oleh Aris Wasita Widiastuti

yaitu PAUD “Anak Emas”, dan PAUD “Tunas Bangsa”, namun belum bisa menampung banyaknya usia emas yang berhak menerima pendidikan

dini. Kondisi tersebut menuntut Pengurus PKK Desa Bakalrejo, menambah lembaga PAUD. Menurut Pengurus PKK Bakalrejo, Chundiah, atas prakarsa Ketua PKK Bakalrejo, Umi Khusnah (Ibu Lurah), pihaknya segera membuka tempat pendidikan bermain anak, yaitu Pos PAUD “Tunas Harapan”. Karena desa tidak mempunyai anggaran lebih, maka pihaknya kesulitan mencari gedung untuk PAUD. “Beruntung, Pak Sekdes Bakalrejo merelakan sebagian rumahnya untuk tempat PAUD, lalu kami menempatkan Pos PAUD di rumahnya,” kata Chundiah, kemarin. Setelah dibuka Pos PAUD, sedikitnya 52 anak usia 2-5 tahun turut bermain dan belajar. Mereka mengikuti playgorup dari pukul 14:00 sampai 16:00. Materi pendidikanyang diberikan terkait permainan, mengenalkan huruf, angka, bernyanyi, bedoa, serta dikenalkan dengan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Inggris. Pengurus PKK sekaligus pengajar, Siti Kumimah

mengatakan, karena keterbatasan fasilitas dan bermain di PAUD tidak dipungut biaya atau gratis, maka pengajar di Pos PAUD diambilkan dari pengurus PKK atau seseorang Guru yang sudi mengabdi tanpa gaji. “Kendati di Bakalrejo sudah berdiri tiga PAUD, ternyata masih banyak anak usia dini yang belum bisa mengenyam pendidikan PAUD,” ungkap Siti Kumimah. Lanjutnya, sekitar 200 anak usia dini (2-5 tahun) belum bisa tertampung dalam di PAUD. Dia berharap Pos PAUD ini mampu berkembang sehingga bisa menampung lebih banyak anak play grup. Diberitakan, Pos PAUD yang berada di rumah Sekdes Bakalrejo di Dukuh Dandan kondisinya masih terbatas, alat permainan edukatif yang dimiliki masih terbatas, kendati sejumlah anak dikenalkan untuk membuat alat permainan sendiri. Beruntung ada bantuan dari aspirasi DPRD berupa 1 unit Ayunan dan 1 unit kmidi putar, sehingga Pos PAUD mempunyai dua alat peraga di luar kelas. (swi/nji)

Kastri Wahyuni

SISWA Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Robbani Kendal kemarin mengisi liburan sekolah dengan latihan merawat jenazah. Puluhan siswa kelas VII mengikuti latihan merawat jenazah di aula setempat. Pelatihan dipandu Kaur Kesra (Modin) Desa Cepiring, Arif Kurniawan, Awalnya para siswa takut mengurus jenazah. Jenazah yang dibuat praktik berupa boneka yang bentuknya mirip manusia. Namun setelah diberi penjelasan secukupnya, para siswa akhirnya berani mendekati boneka berbentuk manusia itu. Layaknya manusia yang sudah meninggal dunia, siswa juga memandikan dan mengkafani jenazah dengan kain putih yang sudah disiapkan. Wakil Kepala Sarana dan Prasarana SMPIT Robbani Ahmad Syaefudin mengaku kegiatan untuk mengenalkan siswa cara merawat jenazah. Kegiatan sesuai edaran dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Pusat untuk mengisi liburan sekolah kemarin. Pihaknya sengaja mengadakan kegiatan cara merawat jenazah

karena hal ini berkaitan dengan kehidupan sehari-hari di lingkungan siswa. “Setelah mengikuti pelatihan ini, para siswa tidak takut lagi mengurus jenazah di lingkungan sekitarnya kelak,” ujar Syaefudin. Syaefudin mengaku awalnya para siswa agak takut bersentuhan dengan jenazah berbentuk boneka

manusia. Namun setelah diberi penjelasan secukupnya, para siswa punya keberanian untuk menangani jenazah. Kewajiban orang muslim terhadap jenazah ada empat, yakni memandikan, mengkafani, menyalatkan, dan menguburkan. Namun yang dipraktikkan kemarin hanya memandikan dan mengkafani. (ono/nji)

HARSEM/ONO

Para siswa SMPIT Robani Kendal sedang mengkafani ‘jenazah’

SELALU bersemangat dan mau berubah untuk menjadi lebih baik merupakan prinsip hidup dari kepala sekolah SMAN 7 Semarang, Kastri Wahyuni. Dirinya mengatakan, dengan prinsip tersebut, keberhasilan dalam hidup pastilah dapat tercapai. “Baik itu dalam kehidupan berkeluarga maupun pekerjaan,” kata wanita kelahiran Semarang, 15 Juni 1956 ini. Dirinya mengakui, tak bisa dipungkiri, dalam setiap kehidupan manusia, pastilah harus dilalui dengan perjuangan. “Perjuangan untuk membuat keluarga lebih bahagia hingga perjuangan untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari,” kata dia. Namun bukan semata-mata berjuang, akan tetapi harus dilandasi dengan semangat tinggi. “Dengan semangat tinggi, pastilah akan membawa hasil yang maksimal,” tambahnya. Dari perjuangan hidup yang dilakukan, ibu tiga anak ini terbilang sudah menuai keberhasilan. Beberapa buktinya adalah, belum lama ini SMAN 7 menjadi juara I untuk sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah serta juara I perpustakaan sekolah di tingkat kota Semarang. “Awalnya memang tidak mudah mengajak semua pihak untuk mau

berubah menuju sesuatu yang lebih baik, akan tetapi dengan pendekatan persuasif, baik pada rekan-rekan pendidik, maupun pada murid-murid. Sekolah kami terus berbenah menjadi sekolah dengan mutu pendidikan yang meningkat. Dengan profesionalitas semua pihak, obsesi kami untuk menjadikan SMA 7 Semarang sebagai juara tingkat nasional mudah-mudahan segera terwujud,“ paparnya. Mengenai keluarga, istri dari Bambang Sudarmanto ini juga sukses mengantar ketiga buah hatinya ke gerbang keberhasilan. “Kiat membina keluarga yang bahagia adalah saling menghormati antar anggota keluarga, serta kedisiplinan yang ditanamkan sedini mungkin,” ujar ibunda dari dr Citra Primavita, Citra Septiana S, Psi serta Nabil Tsalatsa Putra ini. Sementara itu, berbicara mengenai pendidikan, dirinya mengaku kagum kala menyadari bahwa di Indonesia banyak orang pintar. “Ternyata banyak WNI yang menjadi dosen maupun tenaga pendidik lainnya yang bekerja hingga luar negeri,” jelas pengagum BJ Habibie ini. Dikatakan, hal tersebut menandakan, orang pintar bukan hanya monopoli negara maju. “Jika masyarakat di negara kita bisa memiliki kesadaran

HARSEM/DOK

Liburan, Siswa Dilatih Merawat Jenazah Semangat untuk Berubah

Kastri Wahyuni disiplin yang tinggi saya yakin negara kita bisa go internasional nantinya,” tandasnya. Tentunya kerja keras harus dilakukan untuk meraih semua obsesi itu. Setidaknya harus ada orang yang mengawali atau menjadi perintis terwujudnya hal itu. ”Dengan perjuangan yang keras, semangat yang membara, serta disiplin tinggi, pasti perubahan ke arah yang lebih baik dapat terjadi, “ tambah wanita yang gemar dengan sayur mangut ini. (aris wasita widiastuti/nji)


HARIAN SEMARANG 250112