Issuu on Google+

Langganan Rp 40.000/bulan Hubungi Lukman 024-74055917

EDISI 725 kaMiS kliwon, 12 Januari 2012 17 Shafar 1433 H Terbit 12 Halaman

Redaksi Telp 024-3518359, Fax. 024-3516531 Iklan & Sirkulasi Telp 024-3516531, 91507718 Fax. 024-3516531

Rusak Fasilitas Umum

Dreamland Kerahkan Preman Oleh Moh ichwan

Merobohkan taman dan menghancurkan fasilitas umum, kemarin dilakukan PT Dreamland di kawasan Sambiroto. Hampir terjadi pertumpahan darah.

CaRRol ke newCaSTle? anDy Carroll kabarnya akan dilepas Liverpool di bursa transfer musim dingin ini. Minimnya kontribusi Carroll di Anfield lah yang memicu spekulasi ia bakal dilego. Isunya, klub asal Carrol Newcastle United siap menebus Carroll dengan nilai transfer sepuluh juta poundsterling, yang artinya Liverpool akan merugi 25 juta pounds. “Kabar tersebut omong kosong belaka,” bantah jurubicara Liverpool, kemarin. Selengkapnya baca halaman 11 (rif)

D

i Perumahan Bumi Wana Mukti Kelurahan Sambiroto Kecamatan Tembalang, hampir

saja terjadi pertumpahan darah, kemarin pagi. Belasan pekerja dikawal belasan pemuda sangar dengan kostum hitam, merobohkan tembok taman Kebun Gizi milik RW IV yang berada di sempadan sungai di kawasan tersebut. Pohon-pohon dan tanaman hias ditebangi sampai gundul. Lantas, para pekerja langsung membuat pagar seng untuk menutupi areal bekas taman warga tersebut. Aksi perusakan fasilitas umum (fasum) itu mendapat protes warga yang berdatangan ke

lokasi. Ketua RW IV Bambang Harsoyo yang dilapori warganya langsung mendatangi lokasi. Melihat warga yang emosi, Bambang meminta mereka bubar dan mengalah saja, agar tidak terjadi bentrok fisik. Terlebih sejumlah polisi dari Polsek Tembalang yang datang sejak pagi terlihat hanya mengawasi dari seberang jalan. “Saya redam emosi warga. Tadi saya suruh bubar. Kami mengalah sementara, jangan sampai terjadi bentrok fisik yang menumpahkan darah.

Bersambung Hal 7

HARSEM/MOH ICHWAN

Beberapa orang memunguti besi sisa perobohan tembok taman kebun gizi RW IV Samburoto

HARSEM/REUTERS

gadaikan 4 mobil, Digulung Polisi

SemaRang THeaTeR ambRuk BanGunan cagar budaya yang terbengkalai, Semarang Theater di Jalan Pemuda 117, tepatnya di depan mal Paragon, tiba-tiba ambruk. Diduga rapuh karena termakan usia, bangunan berlantai dua yang pernah menjadi

kebanggaan masyarakat Semarang ini telah lama mangkrak dan tidak mendapat perawatan. Menurut saksi mata Aris, robohnya bangunan tua ini terjadi pukul 09.50.

Bersambung Hal 7

HARSEM/HERU SANTOSO

Tersangka dengan barang bukti

anDri purwoko (31), warga Randuares RT 07/RW 01 Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Salatiga yang seharihari bisnis rental mobil, sejak dua minggu ini mendekam di sel tahanan Polres Salatiga, akibat menggelapkan sejumlah mobil yang disewanya.

Bersambung Hal 7

WONGE DHEWE Tukul Arwana

Berpikir Positif Padatnya jadwal tak berpengaruh bagi Tukul Arwana. Apa resep komedian kelahiran Perbalan, Purwosari, Semarang, 16 Oktober 1963 ini agar tetap prima. “Jaga kesehatan, dan saya mencintai pekerjaan. Saya juga positive thinking sama siapa aja,” paparnya. Selain itu, Tukul juga coba mengatur kesibukannya. Jika dirasa raganya tak mampu, maka ia putuskan beristirahat. Makanan yang dikonsumsinya juga tak terlalu “wah”, tetapi cukup makanan tradisional. Ia sudah lahap menyantap. (rif)

HARSEM/DOK

HARSEM/CUN CAHYA

Bangunan tua bekas gedung bioskop Semarang Theater di Jalan Pemuda, kemarin ambruk. Gedung yang sudah lama mangkrak dan tak berpenghuni itu diduga roboh lantaran tidak terawat dan umurnya memang sudah uzur

romantika

Saling Serong

Jupret (39), wanita karir yang selalu tampil rapi dan wangi oleh semprotan parfum mahal. Suaminya, Plendung (44), direktur perusahaaan di Semarang. Mereka telah tiga belas tahun menikah. Rumah mereka besar dan luas, komplet kolam renang dan para rewang. Hidupnya seperti di surga. Bahagia dengan anak dua. Pada suatu hari, saat bercengkrama dengan kedua anaknya, tiba-tiba telepon rumahnya berdering. Anak pertamanya, Putri, lari meraih gagang telpon. Suara perempuan dari jauh mengaku sebagai istri Plendung bernama Ensa (samaran). Spontan Putri menangis dan merangkul ibunya. “Ibu, yang dikatakan perempuan tadi bohong kan?” isak dia. Sambil menyembunyikan rasa kagetnya Jupret berupaya menjelaskan kalau penelpon itu cuma orang iseng. Namun dia tahu, bukan sekali perempuan itu menelepon. Bisa dibilang seperti teror. Setiap mendapat telepon begitu, Jupret geram dan menanyakan kepada suaminya. Tetapi Plendung selalu mengelak. Katanya, perempuan itu mungkin orang stress yang mau mengusik rumah tangga orang lain. Karena Plendung tampak tenang, Jupret percaya. Dalam pertengkaran hari itu Jupret meminta suaminya untuk mengecek ke pihak Telkom agar melacak nomer yang masuk.

Bersambung Hal 7

Tabrakan Carry vs Rajawali

4 Ahli Waris Terima Santunan Jasa Raharja Penyerahan santunan kepada ahli waris keluarga korban

HARSEM/NINO ADISUMARTO

Empat ahli waris korban tewas kecelakaan maut di depan RM Lembah Hijau, Desa Jatijajar, Bergas, kemarin menerima santunan dana kecelakaan lalulintas dari PT Jasa Raharja (Persero) Jateng. Santunan diberikan langsung oleh Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero)

HARSEM/NINO ADISUMARTO

saat tersangka memesan kamar di resepsionis hotel

Rekonstruksi Pembunuhan di Bandungan

Dicekik, lalu Dibanting rEkonstruksi pembunuhan di Hotel Alam Hijau, Bergas, Kabupaten Semarang, yang digelar penyidik Denpom Salatiga, kemarin, dengan tersangka

anggota Binkum Kodam IV/Diponegoro Serda Yusuf Harnawan (23), warga Krajan Lor RT 5/RW 5,

Bersambung Hal 7

Jateng Amin Ardi Sukmana di Kantor Desa Polisiri, Kecamatan Bawen, kepada ahli waris keluarga korban. Pemberian santunan yang ditangani PT Jasa Raharja (Persero) sesuai regulasi meliputi santuan korban

Bersambung Hal 7


lawangsewu Jurusan Jakarta Berangkat

Argo Anggrek

SmgTwg

12.00

Gambir

Argo Anggrek

Smg Twg

00.00

Argo Sindoro

Smg Twg

05.30

Argo Muria

Smg Twg

Sembrani

Gumarang

Jurusan Jakarta

Datang

Kelas

KA

Berangkat

17.54

Eks

Senja Utama

Smg Twg

20.00

Gambir

05.52

Eks

Fajar Utama

Smg Twg

08.00

P Senen

Gambir

11.25

Eks

Matarmaja

Smg Pcl

00.58

P Senen

16.00

Gambir

22.03

Eks

Brantas

Smg Pcl

19.30

T Abang

Smg Twg

23.03

Jkt Kota

05.25

Eks

Kertajaya

Smg Pcl

20.46

P Senen

Smg Twg

12.00

Jkt Kota

18.30

Eks Bis

Tawang Jaya

Smg Pcl

19.00

P Senen

Industri Berbahan Baku Buah Dikembangkan PEMKOt Semarang bersama warga di kawasan atas penghasil buah unggulan merintis industri rumahtangga berbahan baku buah. Langkah ini ditempuh, karena panen buah seperti rambutan, durian, mangga, kelengkeng pada musim ini produksinya melimpah. Menurut Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ayu Entys, kualitas maupun produksi buah di wilayah Semarang atas cukup bagus. “Durian, kelengkeng, rambutan dan mangga pada panen kali ini bagus, baik kualitas atau pun jumlahnya, dan diperkirakan musim buah akan berlangsung hingga akhir Februari,” katanya, kemarin. Terkait dengan produksi melimpah dan kualitas bagus, ia mengatakan, pihaknya merintis sejumlah usaha berupa industri rumahtangga untuk pengolahan aneka buah yang dihasilkan. “Sekarang ini sudah dimulai dengan berbagai pelatihan dan pembinaan pada masyarakat,” ujarnya. Pelatihan tersebut, lanjutnya, meliputi cara memanen, memetik buah yang benar hingga mengolahnya menjadi makanan seperti wingko, jenang durian, ceriping, manisan atau sejumlah panganan lain. Industri rumahan ini dilakukan, karena adanya bahan baku berupa buah-buahan yang cukup melimpah. (pru/jos)

Agen Bus Malam Diminta Pindah ke terminal Mangkang AgEn bus malam di kawasan Krapayak diminta untuk pindah ke Terminal Mangkang. Pasalnya, di sepanjang Jalan Krapyak banyak berhenti bus-bus malam antarkota di depan agen sehingga seringkali terjadi kemacetan. Setiap malam pukul 19.00-21.00 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dari arah timur tujuan Jakarta, Bandung, Sumatera berhenti di depan agen untuk menaikkan penumpang. Kondisi ini, berakibat kesemerawutan lalulintas di jalur pantura tersebut. Lurah Purwoyoso, Sulistiyo mengatakan, para agen bus malam sudah menerima surat peringatan ke 3 dari Pemkot Semarang. Namun, hingga kini masih banyak agen bus bertahan. “Sudah menerima tembusan surat peringatan tersebut. Namun hingga kini para agen juga belum pindah, untuk tindakan berikutnya kami pasrahkan kepada pemkot,” ujarnya, kemarin. Menurutnya, setidaknya ada 15 agen bus yang berada di Krapyak. Pemilik agen justru bukan dari wilayah Kelurahan Purwoyoso, tapi dari luar daerah. “Kami sudah sering melakukan sosialisasi kepada pemilik agen bus agar mau pindah ke Mangkang, karena daerah itu merupakan daerah larangan,” tandasnya. Ia menambahkan, untuk mengantisipasi kemacetan di depan agen bus, petugas kepolisian dan dishub melakukan patroli. “Sudah sepekan ini petugas kepolisian maupun dinas perhubungan mulai melakukan patroli di ruas jalan tersebut sekitar pukul 19.00-21.00 agar bus malam itu tidak berhenti seenaknya,” katanya. (lif/jos)

woro-woro Sehat, Murah bersama Carrefour CARREFOUR Srondol Banyumanik setiap hari Minggu mengadakan senam aerobik pukul 06.00 – selesai di pelataran parkir C4. Bagi pengunjung yang ingin mengikuti agenda rutin ini silahkan bergabung dan gratis.

Operasi Katarak Massal RUMAH Sakit William Booth Semarang, bekerjasama dengan Rotary Club Kota Sermarang dan Perdami Jawa Tengah akan mengadakan Operasi Katarak Massal yang akan dilaksanakan 21 Januari 2012. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Humas RSUWB 024-8411800, 8414392

Mujahadah Kubro di PP Addainuriyah 2 MUJAHADAH Kubro di PP Addainuriyah 2 Semarang, digelar Minggu (15/1) pukul 18.35 di Jalan Sendang Utara No 38 Gemah Pedurungan, yang diasuh oleh KH Dzikron Abdullah. Bagi Jama’ah Mujahadah I’timah Al Ihsanillah untuk hadir tepat. Pemberitahuan ini sekaligus sebagai undangan. Info lebih lanjut hub: Saifin 08562800435, Edy 085664455404

Jurusan Surabaya

Datang P Senen

Kelas

KA

Berangkat

Bisnis

Gumarang

Smg Twg

01.01

P Turi

14.51

Bisnis

Kertajaya

Smg Pcl

23.55

07.27

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

15.32

03.20

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

05.10

Eko

Rajawali

Smg Twg

03.02

Jurusan Kediri

Jurusan Bandung

Datang

Kelas

KA

Berangkat

05.22

Eks Bis

Harina

Smg Twg

P Turi

04.40

Eko

P Turi

19.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

08.45

03.32

P Turi

07.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

17.00

08.25

P Turi

12.50

Eks

Kelas

KA

Berangkat

16.08 04.28

Eks

Brantas

Smg Pcl

Bjnegoro

12.26

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

05.00

Bjnegoro

20.48

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

13.00

Datang 07.30 20.35

Bdg

Jurusan Bojonegoro

Jurusan Tegal

Datang 01.01

Kelas

KA

Berangkat

07.39

Eko

Kaligung

Smg Pcl

08.35

Tegal

11.33

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

17.00

Tegal

19.44

Bisnis

Solo Blpn

08.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

05.55

Tegal

08.45

Eko

Solo Blpn

16.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

13.00

Tegal

16.19

Eko

Kediri

Jurusan Solo

Jurusan Jombang

Jurusan Malang

Datang

Kelas

Sumber : DAOP IV Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Akses Bandara Disepakati di APBD Perubahan 02.16

Eko

Sembrani

Smg Twg

02.21

P Turi

06.34

Eks

Matarmaja

Smg Pcl

21.29

Malang

06.31

Oleh Ariel noviandri

HASIL konsultasi Banggar dan tim Anggaran Pemerintah Daerah (tAPD) Kota Semarang dengan Pemprov Jateng, kemarin, terkait anggaran pendampingan untuk pembangunan jalan menuju Bandara Ahmad Yani, akhirnya disepakati untuk dimasukkan dalam APBD Perubahan 2012.

A

nggOtA Banggar DPRD Kota Semarang Ari Purbono menyatakan, dalam konsultasi dengan Pemprov Jateng muncul kesepakatan bahwa anggaran pendampingan jalan tembus Bandara Ahmad Yani sebesar Rp 7,5 miliar akan diusulkan kembali dalam APBD Perubahan Kota Semarang 2012. Menurutnya, saat konsultasi, pemprov melalui Sekda Jateng Hadi Prabowo menyatakan usulan Rp 7,5 miliar sudah selayaknya masuk dalam

APBD perubahan. Selain itu, kata Ari, tidak ada kesan pemprov ngotot minta anggaran tersebut dimasukkan dalam APBD murni 2012. “Akhirnya disepakati masuk dalam APBD perubahan. Mereka (pemprov-red) tidak ngotot kok,” tandas Ari, kemarin. Menurutnya, kesepakatan soal anggaran tersebut masuk dalam APBD perubahan karena pemprov ‘memaklumi’ usulan anggaran itu belum melalui tahapan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara

Eko

Bangunkarta

22.32

Jombang

04.56

Eks Bis

Dividen Bandara Soal dividen, Ari Purbono menjelaskan, anggaran Rp 7,5 miliar itu hanya merupakan dana pembangunan bersama sehingga tidak ada dividen untuk Pemkot

Personil dari Kodim 0733 BS menyingkirkan batu yang menimpa rumah milik Sutrimo di Jalan Kintelan Baru. Tebing setinggi 10 meter tersebut longsor menimpa dapur dan kamar mandi milik Sutrimo hingga rusak parah.

Tebing Longsor, Rumah Warga Bendungan Tertimbun LOngSOR kembali terjadi di wilayah Kintelan RT 07/RW04, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Gajahmungkur, Selasa (10/1 malam, setelah hujan deras mengguyur Kota Semarang. Tebing setinggi 15 meter longsor dan menimbun bagian belakang rumah Sutrimo (85) warga Kintelan RT 07/RW 04 Kelurahan Bendungan, Kecamatan Gajahmungkur. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, karena tanah longsor hanya mengenai ruang dapur serta kamar mandi belakang rumah. Kerugian harta benda ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Sudarti (45) penghuni rumah mengatakan, sejak maghrib sebelum kejadian terjadi hujan deras. Setelah hujan reda, menurutnya, sekitar pukul 22.00 semua penghuni rumah rumah tidur. “Saat tidur terlelap, tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang datang dari belakang rumah. Setelah itu, kita langsung keluar rumah, dan ternyata ruang belakang sudah tertimbun longsor,” katanya. Ia mengakui, kondisi tebing yang longsor

Smg Twg

(KUA PPAS). Dengan sikap Pemprov tersebut, katanya, semua pihak baik pemkot, PT Angkasa Pura selaku pengelola bandara, dan Kodam IV Diponegoro sebagai pemilik lahan harus menyetujui hal tersebut. “Beliau (Hadi Prabowo-red) sempat membacakan Permendagri No 13 tahun 2006 tentang Pemerintahan Daerah, salah satu pasal dan ayatnya menyebutkan, jika ada usulan dari gubernur tidak ditindaklanjuti oleh bupati/walikota, maka gubernur bisa membatalkan APBD yang sudah disepakati. Namun, beliau juga menyadari bahwa usulan agar anggaran jalan tembus bandara tak dapat masuk dalam APBD murni karena tidak ada dalam KUA PPAS,” paparnya.

HARSEM/CUN CAHYA

KA

2

KaMIs, 12 Januari 2012 selasa, 26 Oktober 2010

cukup memprihatinkan. Di mana, kondisi tebing tidak dibangun talud. “Sebenarnya longsor yang terjadi di tebing belakang rumah sudah beberapa kali. Namun hanya longsor kecil, ini longsor yang paling besar,” ungkapnya. Sudarti menambahkan, rumah tempat tinggal bersama keluarganya itu merupakan daerah rawan longsor. Di mana jarak antara rumah dengan tebing hanya 1 meter. “Jelas khawatir, tetapi mau bagaimana lagi?. Kita sudah di sini sejak turun temurun dan tidak punya lokasi lain,” katanya. Pascalongsor, warga dengan anggota TNI gotong-royong untuk membersihkan puingpuing tanah longsoran. Bahkan, bongkahan batu besar, terlihat masih menimbun ruang belakang rumah tersebut. Lurah Bendungan, Sri Rahayu menuturkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti kejadian tersebut agar tidak terjadi longsor susulan. “Memang sudah membahayakan, tebing sangat miring, terlebih tidak ada talud untuk pengamannya,” katanya, di lokasi longsor, kemarin. (wam/jos)

Semarang. Lain halnya dengan anggaran penyertaan dalam pembangunan landas pacu Rp 8,3 miliar dari APBD Kota Semarang 2007, PT Angkasa harus memberikan deviden kepada Pemkot. “Kalau Rp 8,3 miliar itu, harus ada dividennya. Itu sudah disepakati bersama. Pemprov Jateng sendiri sudah meminta kejelasannya kepada Angkasa Pura tapi hingga kini belum direspons,” tuturnya. Seperti diketahui, dalam rapat paripurna pada Senin (9/1) lalu, Ketua TAPD Hadi Purwono sempat bersihkeras agar anggaran jalan tembus bandara Rp 7,5 miliar itu masuk dalam APBD murni. Hal itu ditegaskannya, karena dikhawatirkan akan tersandung dengan aturan permendagri. Namun, setelah mendapat penjelasan dari Sekda Jateng Hadi Prabowo pada Rabu (11/1) kemarin, akhirnya tercapai kesepakatan bahwa anggaran itu masuk dalam APBD Perubahan Kota Semarang 2012. (jos)

Walikota Pernah Perintahkan Pembahasan RAPBD tepat Waktu tIDAK hanya faktor desakan dari dua anggota DPRD, Agung Purno Sarjono dan Sumartono, serta tiga pejabat eselon II, namun konon peran walikota pun telah membuat Sekda (nonaktif) Akhmat Zaenuri akhirnya ikut menjadi tersangka kasus suap RAPBD 2012. Karena sebelumnya, walikota sempat memerintahkan Zaenuri agar pembahasan RAPBD itu dapat diselesaikan tepat waktu. Namun menurut kuasa hukum Zaenuri, Agus Nurudin, pihaknya belum dapat memberikan informasi soal ‘perintah walikota’ itu secara rinci. Artinya, Zaenuri sendiri belum menyebutkan apakah walikota ikut memerintahkan adanya uang pelicin itu atau tidak. Dari keterangan kuasa hukumnya Agus Nurudin, saat pembahasan Badan Anggaran (Banggar) soal RAPBD 2012 pada November 2011, walikota mendesak Zaenuri agar pelaksanaan RAPBD dapat segera ditetapkan menjadi Perda APBD 2012 sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dengan adanya instruksi tersebut, kliennya itu merasa terdesak dan terpaksa memenuhi keinginan kedua faktor di atas yakni desakan dua anggota dewan dan desakan tiga pejabat eselon II untuk segera menyerahkan uang pelicin Rp 40 juta kepada anggota dewan tersebut untuk memuluskan usulan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) dalam RAPBD. “Dalam keterangan BAP (Berita Acara Pemeriksaan), klien saya menyatakan ada tiga faktor. Di antaranya faktor eksternal yakni desakan dari dua anggota dewan yang meminta uang pelicin untuk muluskan TPP, faktor internal yakni desakan dari tiga pejabat agar segera menyerahkan uang itu, dan perintah walikota agar pembahasan RAPBD itu bisa tepat waktu,” katanya. “Klien saya hanya memaparkan tiga faktor itu saja. Soal perintah walikota, hanya mengenai pembahasan RAPBD agar tepat waktu. Itu saja,” katanya singkat. Seperti diketahui, dalam kasus dugaan suap RAPBD Kota Semarang itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tiga tersangka. Di antaranya Ketua Komisi B dari Fraksi PAN Agung Purno Sarjono, Anggota Komisi C dari Fraksi Partai Demokrat Sumartono, dan Sekda Akhmat Zaenuri. Selain ketiga tersangka itu, KPK kini terus melakukan pemeriksaan intensif. Beberapa yang diperiksa yakni Walikota Soemarmo yang dimintai keterangan pada Selasa (10/1), menyusul Wakil Walikota Hendrar Prihadi pada Rabu (11/1) kemarin. Dalam pemeriksaan yang dilakukan di kantor KPK di Jakarta itu, keduanya masih berstatus saksi dalam kasus tersebut. (ano/jos)

Atasi Banjir, Optimalkan Pompa dan Perbaikan Drainase UntUK menangani genangan air di kawasan Semarang bagian timur, Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang tengah serius melanjutkan proyek normalisasi Kali Tenggang yang saat ini baru mencapai sekitar 40%. Menurut Kepala Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang Agus Riyanto, untuk wilayah Semarang Timur seperti daerah Jalan Supriadi ke timur masuknya ke Sungai Tenggang. “Sedangkan di kawasan Jalan Supriyadi ke barat ditarik pompa Majapahit dan menuju Sungai Banjirkanal Timur,” ujarnya saat meninjau penanganan banjir di Semarang, kemarin. Normalisasi Sungai Tenggang merupakan penyempurnaan dari tahap pertama yang sudah dikerjakan sejak 2008. Tahun 2011, normalisasi Sungai Tenggang dilakukan setelah dilakukan pembebasan tanah yang sebelumnya ditempati 46 bangunan. “Ada 44 kepala keluarga dan dua bangunan lainnya pos kamling. Warga sudah mendapatkan tali asih, dulunya

di bantaran sungai ini penuh dengan bangunan, namun sekarang sudah bersih,” ujarnya. Tahun 2012 ini, menurutnya, akan meneruskan proses normalisasi. Selain itu, akan menyelesaikan sejumlah permasalahan yang dihadapi. “Permasalahan itu adalah masih adanya bangunan rumah dan bangunan milik pedagang kaki lima,” katanya. Agus Riyanto menambahkan jika tahun 2011, pihaknya telah menangani wilayah Semarang Timur, maka tahun 2012 akan menyentuh wilayah Semarang Barat. “Tahun ini jadwalnya pembebasan lahan dan MoU dengan Pemprov Jateng dan Pemerintah Pusat untuk normalisasi Sungai Bringin,” katanya. Saat ini, Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang sudah memiliki 33 unit pompa dan akan ditambah tiga unit lagi di kawasan Simpanglima, Johar dan Jalan Agus Salim. Menurut Agus secara keseluruhan pada 2012, anggaran untuk penanganan rob dan banjir, mencapai

HARSEM/PRiHATi PUJi UTAMi

Proyek normalisasi Kali Tenggang terus dikebut untuk meminimalisasi banjir. Saat ini, proyek tersebut baru mencapai 40%. Rp 55 miliar. Sedangkan anggaran untuk penanganan daerah pinggiran, mencapai Rp24 miliar dan pemeliharaan pompa

secara rutin sebesar Rp 4 miliar serta Rp 800 juta untuk pemeliharaan di tingkat kecamatan. (pru/jos)

Pemimpin Umum/Pjs Pemimpin Redaksi: Andy Suwanto Dewan Redaksi: H Noor Achmad, Iwan Haryanto, Arief Mudzakir, Andy Suwanto, Redaktur Pelaksana: Saefudin, Sugayo Jawama Litbang: Iriyanto Redaktur: Arief Firhanusa, Bagus Panji Buana, Dwi NR, Panji Joko Satrio, Puji Joko Sulistyo, Sardi AK, Teguh Argari Bisono, Tri Wuryono Koordinator Liputan: Poltak Sinaga Wartawan: Abdul Mughis, Ariel Noviandri, Aris Wasita Widiastuti, Hery Priyono, Lissa Febrina, Mohammad Ichwan, Nur Hidayat, Prihati Puji Utami, Sokhibun Ni’am, Wara Merdekawati, Wikha Setiawan, Wiwig Prayugi Kontributor: Nino Adisumarto (Ungaran), Sukma Wijaya (Demak), Heru Santoso (Salatiga) Pewarta Foto: Cun Cahya, Indra Prabawa Desain dan Lay Out: Anton Sujarwadi, Prasetya Widodo, Muhammad Fatoni, Ajie Mahendra, Omegantoro Anggraito Penerbit: PT Semesta Media Pratama Berdiri sejak Pendiri Pemimpin Umum Wakil Pemimpin Umum

: : : :

10 Agustus 2009 H Suwanto, SE, MM

Andy Suwanto, MBA

Pemimpin Perusahaan: Andy Suwanto, MBA Direktur Utama: Iwan Haryanto Keuangan: Dwi Arum Dhati (Manajer), Mulyono, Septiyarini Aksari Distribusi & Sirkulasi: Much Lukman, G Hendra, Aries Kunarto, Ririn Setyowati Promosi dan Iklan: Dyah Purnasari General Affair: Viddy Yusafiadi Alamat Redaksi: Jl KH Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Floor 1-3 Semarang Telp: 024-3512771, Fax. 024-3516531 Iklan dan Sirkulasi: 024-3518359 E-mail: redaksi@hariansemarang.com, harian.semarang@ yahoo.com Website: www.hariansemarang.com

Nugroho PS

Wartawan Harian Semarang selalu dibekali tanda pengenal dan dilarang menerima atau meminta sesuatu dari narasumber


AYO MBANGUN KUTHO

3

KAMIS, 12 Januari 2012

Paskalongsor di Tol Jangli

Warga Dibantu Biaya Kontrakan JanGLi-Paskalongsor di jalan tol lingkar Jangli yang terjadi Sabtu (7/1) lalu, PT Jasa Marga telah membantu korban longsor. Bantuan tersebut dengan cara melalui sistem biaya kontrak rumah yang diberikan kepada warga RT 08/RW 02 yang menjadi korban longsor. Humas PT Jasa Marga semarang, Agung Purwanto menuturkan, ada tiga kepala keluarga yang mendapat bantuan dari Jasa Marga. Di antaranya, keluarga Hermawanto, Andi Nurcahyo, dan Rohmad.

nujuludin anto

Lurah Patemon

Pendekatan Rutin

PenDeKatan dengan warga saat ini menjadi jurus ampuh yang dilakukan Nujuludin Anto, Lurah Patemon. Maklum, sosok lurah yang satu ini tergolong baru di Kelurahan Patemon. “Saya memang belum terlalu lama bertugas di sini. Maka, tugas utama yang tengah kami lakukan yaitu melakukan pendekatan secara rutin dengan warga,” jelasnya. Dikatakan, setelah berhasil melakukan pendekatan pihaknya akan melakukan berbagai program. Di antaranya mempunyai rencana memperbaiki jalan-jalan yang rusak yang jaraknya sekitar 2 Km. “Contohnya, kondisi jalan desa yang namanya jalan AMD ini masih belum baik karena tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Dan ini perlu ada perbaikan, serta kalau perlu minta bantuan dari pemkot untuk memperbaiki jalan tersebut,” katanya. Diakuinya, menjadi lurah di wilayah pinggiran kondisi wilayahnya tidak seperti di perkotaan. Hal ini menjadi tugas lurah untuk bisa berinisiatif membantu warga membangun wilayah. “Di sini banyak jalan desa yang belum diaspal. Selain jalan AMD, ada lagi Jalan Ngebyok yang jaraknya 200 meter juga butuh ada pembangunan,” jelasnya. Ditambahkan, wilayah Patemon tidak hanya masalah jalan yang butuh ada perubahan. Namun masalah penerangan jalan masih banyak yang perlu ada penambahan. “Kalau penerangan minim dikhawatirkan rawan kriminalitas. Maka inisiatif saya agar warga memasang lampu di depan rumahnya masingmasing,” jelasnya. (lif/gus)

Dengan bantuan tersebut, katanya, warga sudah menyatakan setuju dan akan segera mencari rumah kontrakan. Sehingga mereka tidak perlu menumpang di rumah tetangga. Dikatakan, sementara dalam menangani masalah longsor talud tol, sebagai langkah awal Jasa Marga akan membuatkan saluran air untuk warga setempat. “Dalam waktu dekat kita akan membuatkan saluran untuk warga, sehingga air dari rumah tangga tidak langsung masuk ke talud tol. Saluran lama

yang berpusat di bawah rumah Pak Wanto akan dialihkan ke saluran yang sudah ada,” jelasnya. Lurah Jangli, Ismu Hardoyo mengatakan, pihaknya sudah mendengar informasi jika warga korban longsor mendapatkan bantuan biaya kontrak rumah dari pihak Jasa Marga. “Warga sudah setuju dengan tawaran dari Jasa Marga, mereka pun akan mencari rumah kontrakan untuk sementara selama talud diperbaiki,” katanya. (wam/gus)

Antisipasi Genangan, Saluran Diperbaiki Oleh Wara merdekawati Kelurahan wajib ikut berperan aktif mengatasi banjir atau genangan air di musim penghujan. Seperti yang dilakukan Kelurahan Gayamsari dengan mengoptimalkan perbaikan saluran.

P

emerintah Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari sedang melakukan pembenahan antisipasi terjadinya genangan air saat musim penghujan. Karena genangan air sangat mengganggu pengguna jalan seperti yang sering terjadi di wilayah RW 09 atau tepatnya di Jalan Majapahit. Lurah Gayamsari Layli Widyaningtyas mengatakan, meski wilayahnya bukan daerah banjir, namun sudah menjadi tugas dan tanggungjawab sebagai pemangku wilayah khususnya di Jalan Raya Majapahit juga ikut berbenah masalah genangan air. Meski hanya masalah kecil, kelurahan setempat perlu ikut mencarikan sebuah solusi. “Apalagi letak Kelurahan Gayamsari berada di ujung selatan Kecamatan Gayamsari dan sering ada genangan air yang mengalir menuju ke kelurahan lainnya, seperti Kelurahan Sambirejo dan Pandean Lamper. “Mengingat debit airnya cukup banyak, ini diperlukan normalisasi saluran dan perbaikan saluran,” jelasnya.

Saluran yang perlu diperbaiki, katanya, di antaranya saluran yang berada di wilayah RW 07 dan RW 09. Apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan, semua saluran harus lancar agar tidak menimbulkan genangan air yang dapat mengganggu pengguna jalan. Layli menambahkan, dengan adanya dana dari PNPM setidaknya dapat membantu pembangunan saluran mengantisipasi genangan air. Kebetulan pihaknya sudah melakukan pembangunan peninggian jalan dan pembuatan talud di RW 09. “Kedua wilayah itu memang rawan genangan air. Alhamdulillah, berkat dana PNPM kami sudah melakukan pembangunan peninggian jalan dan talud,” imbuhnya. Dikatakan, pihak kelurahan juga sudah bekerjasama dengan instansi terkait mengantisipasi masalah genangan air di wilayah Gayamsari. “Tahun ini konsentrasinya perbaikan saluran di wilayah RW 08. Kalau itu sudah selesai diharapkan seluruh saluran di Gayamsari lancar,” pungkasnya. (gus)

HARSEM/WARA MERDEKAWATI

Salah satu saluran warga di Gayamsari tengah dibangun untuk mengantisipasi genangan air di jalan raya

Enceng Gondok Hambat Kali Semarang

HARSEM/LISSA FEBRINA

Enceng gondok tumbuh subur di Kali Semarang tanpa ada pembersihan

KUninGan-Kondisi Kali Semarang yang melalui Kelurahan Kuningan, Kecamatan Semarang Utara saat ini dipenuhi enceng gondok. Hal ini secara tidak langsung dapat menghambat aliran air menuju ke muara laut. Menurut warga sekitar, keberadaan tanaman enceng gondok dapat menyebabkan aliran Kali Semarang tersumbat dan bisa mengancam terjadi luapan banjir. Apalagi aliran air di Kali Semarang juga bercampur endapan lumpur dan sering terjadi air pasang. “Pembersihan enceng gondok ini juga tugas dari kelurahan maupun dari dinas kebersihan. Kondisi ini sudah terlihat beberapa bulan yang lalu,” ucap Antok, warga setempat. Senada diucapkan Abdulrahman, warga Kuningan yang menginginkan Kali Semarang bisa bersih. Pada 2011 lalu dinas terkait pernah membersihkan enceng gondok

Berkat Gerdu Kempling

tersebut, namun sekarang tumbuh subur lagi. “Karena pemerintah tidak rutin membersihkannya. Warga juga berharap agar pemerintah lebih serius dan semaksimal mungkin membersihkan enceng gondok yang ada di Kali Semarang,” ucapnya. Sumiasih, salah satu pedagang yang mangkal di ujung Jembatan Kretek Puter juga sependapat. Menurutnya perkembangan tanaman enceng gondok sangat cepat. “Tumbuhnya cepat sekali dari ujung ke ujung. Kalau terbawa arus air tanaman enceng gondok akan berkumpul semakin banyak,” ujarnya. Sumiasih juga berharap agar dinas terkait membersihkan enceng gondok tersebut secara rutin. “Kalau kali bersih kan warga juga senang. Apalagi saat ini musim penghujan sudah seharusnya Kali Semarang bersih,” ujarnya. (lif/gus)

Walikota Soemarmo beberapa waktu lalu meresmikan Mushola Al Amiin RW 02 Kelurahan Ngemplak Simongan yang ditandai dengan pemotongan pita dengan disaksikan warga beserta tokoh masyarakat

HARSEM/DOK

HARSEM/DOK

Halaman ini khusus disediakan bagi warga masyarakat, lembaga instansi pemerintahan dan swasta, lembaga sosial kemasyarakatan, lembaga keagamaan. Silakan kirimkan foto-foto kegiatan yang bernilai berita ke redaksi. Foto harap disertai keterangan singkat dan dapat langsung dikirimkan ke redaksi maupun via email: harian.semarang@yahoo.com. Redaksi akan memuat tanpa memungut biaya.

Walikota Soemarmo beberapa waktu lalu menghadiri acara pemberian santunan kepada anak yatim piatu di Kecamatan Pedurungan. Acara tersebut dihadiri 75 anak yatim piatu dari berbagai kelurahan

Muksan Bisa Pelihara Ikan Lele HARSEM/LISSA FEBRINA

lakone

Ketiganya kebetulan rumahnya berada dengan lokasi longsor. Agung menjelaskan, warga dipersilahkan untuk mengontrak rumah sesuai dengan keinginannya dan pihak Jasa Marga yang akan menanggung biayanya selama setahun. “Biaya kontrak kami tanggung selama satu tahun atau selama proses pembangunan talud yang ambrol selesai. Selain itu, warga juga akan dibantu biaya perpindahan sebesar Rp 250 ribu per-KK,” jelasnya.

muksan saat memberi makan ikan lele yang dipeliharanya JaBUnGan-Gerdu Kempling merupakan program pemkot untuk melakukan pengentasan kemiskinan. Fokusnya warga miskin untuk diberikan pelatihan agar mereka bisa mandiri dan bisa memperbaiki ekonomi keluarganya. Seperti yang dirasakan Muksan, warga RT 01/RW 05 Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik ini. Ia baru saja menerima bantuan dari program Gerdu Kempling. Muksan yang setiap harinya bekerja sebagai tukang kayu dan tukang bangunan tersebut sudah punya kesibukan baru. Berkat Gerdu Kempling dirinya dibantu dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Semarang berupa 5.000 bibit ikan lele. “Bantuan ini sangat berarti karena saya mempunyai kesibukan memelihara ikan tersebut. Sembari memelihara ikan saya juga masih bisa bekerja sebagai tukang di sebuah bangunan,”jelasnya. Dikatakan, pemberian bantuan tersebut diberikan pada Awal Juli lalu dan sampai sekarang telah berhasil panen sebanyak satu kali dengan jumlah satu kuintal ikan lele. “Memang untuk ikan yang telah dipanen sebagian telah dijual. Sebagian kami berikan secara cuma-cuma kepada tetangga dengan harapan mereka bisa ikut menikmati usaha saya,” katanya. Ditambahkan, rencananya hasil panen yang akan datang akan dibelikan bibit lele yang kemudian akan dibesarkan. “Alhamdulillah, di sini saya punya empat kolam yang dibuat dengan terpal dan dua kolam lainnya asli dengan tanah,” katanya. Muksan mengaku, teknik memelihara ikan lele diperoleh dengan membaca buku. Bahkan dirinya juga sudah mempraktikkan sendiri sebelum mendapatkan bantuan. “Sehingga ketika ada bantuan dari pemkot, saya tidak kesulitan merawatnya. Program pemkot dengan Gerdu Kempling ini sangat baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya. (lif/gus)


desakundi

KAMIS, 12 Agustus Januari 2012 senin, 22 2011

demak salatiga kendal ungaran purwodadi n

n

n

Dana Bedah Rumah Meningkat 2,5 M UNGARAN-Dana bedah rumah Pemkab Semarang mengalami peningkatan signifikan, yakni sebesar Rp 2,5 miliar yang berasal dari APBD penetapan 2012. Rencananya dana tersebut akan digunakan untuk merenovasi 500 rumahh warga kurang mampu. Kepala Bapermasdes Kabupaten Semarang, Yosseph Bambang Triharjanto menjelaskan, peningkatan dana tersebut dinilai sangat signifikan dibandingkan anggaran bedah rumah tahun 2011, yakni hanya senilai Rp 375 juta untuk mengakomodir perbaikan 125 rumah warga, dengan alokasi Rp 3 juta per-rumah. “Untuk tahun 2012 ini nilainya menjadi Rp 2,5 miliar untuk mengakomodir perbaikan 500 rumah warga dengan alokasi anggaran Rp 5 juta per-rumah,” terang Yoseph, kemarin. Kriteria sasaran program bedah rumah, lanjut dia, adalah rumah pribadi yang kondisinya digolongkan sebagi rumah tidak sehat dan tidak layak huni. Semisal tidak memiliki MCk dan sarana kesehatan keluarga. Hingga awal tahun ini, menurut Yoseph, pihaknya telah menerima proposal pengajuan program bedah rumah tahun 2011 sebanyak lebih dari 500 rumah. Dengan demikian sisa proposal tersebut akan direalisasikan pada anggaran tahun 2013 nebdatang. “Karena anggarannya hanya diperuntukkan 500 rumah, maka sisa proposal yang diajukan akan direalisasi dengan anggaran tahun 2013,” jelasnya. Yoseph menambahkan, bahwa proposal pengajuan tersebut sesungguhnya hasil pendataan panitia tingkat desa/kelurahan yang dikumpulkan oleh kecamatan dan diajukan ke Bapermasdes. “Dan proposal harus diajukan sebelum APBD ditetapkan,” tandasnya lagi. Saat ini Yoseph mengaku, pihaknya telah melakukan pendataan secara by name and by address, atas proposal yang diajukan oleh kecamatan. Pengaturan tersebut mengacu pada SK Permendagri no 32 tahun 2011 tentang pengaturan mekanisme bantuan hibah dan sosial. “Program ini bertujuan membangun kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya. Selain dari APBD Kabupaten, ungkap Yoseph, bedah rumah juga ditunjang dari dana APBD Provinsi melalui program TMMD. Untuk tahun 2012 ini dialokasikan untuk desa Sepakung Banyubiru dan Tempuran, Bringin. Sementara bantuan dari APBD Pusat disalurkan melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) lewat program PNPM, yang dialokasikan untuk 150 rumah di desa Plumutan, Bancak. “Untuk bantuan APBD Provinsi alokasinya belum jelas untuk berapa rumah,” pungkasnya. (ino/nji)

MI & BISNIS

ENGAH

Jengkel, Laptop Teman Kos Dicuri SALATIGA–Zaenul Ari Ardani (17), warga Tembelengan RT 01 RW 06 Desa Sukoharjo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang yang juga pelajar SMK Saraswati Salatiga dan Ariyanto (19), warga Kejiwan RT 03 RW 06 Kandangan, Temanggung - mahasiswa STAIN Salatiga, ditangkap Satreskrim Polres Salatiga. Keduanya diduga telah melakukan pencurian laptop milik Accer milik Syaifulah Godi Ismail (20), rekan kuliah tersangka Ariyanto. Kini keduanya mendekam di sel tahanan Polres Salatiga. Menurut pengakuan Ariyanto, dirinya nekat mencuri laptop tersebut karena merasa jengkel dengan korban Godi, yang tinggal di rumah kost Jangkungan, Mangunsari, Salatiga yang juga menjadi tempat sekretariat HMI Salatiga. Kejengkelan itu karena korban kalau sedang butuh maka akan mencari tersangka Aritanto, namun jika sudah tidak butuh teman maka dirinya ditinggalkan. Dari sikapnya itu, akhirnya tersangka jengkel dan emosi. “Karena saya sudah sering main di kamar kosnya, sehingga mengetahui jika laptop itu disimpan di almari kamar kos. Karena situasi sepi, akhirnya saya nekat mengambil laptop. Awalnya mau saya pakai sendiri, tetapi takut ketahuan maka untuk menghilangkan jejak itu, laptop saya titipkan kepada Esma Adi Wicaksono, di Temanggung. Sebelum laptop itu saya jual, sudah ditangkap polisi,” jelas Ariyanto kepada Harsem, Rabu (11/1) kemarin. Sementara, Kasat Reskrim Polres Salatiga AKP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan untuk tersangka yang lainnya yaitu Zaenul Ari Ardani telah melakukan pencurian harddisk dan 3 buah RAM milik SMK/STM Saraswati Salatiga, Sabtu (7/1) lalu. Hal ini sesuai dengan laporan dari pihak SMK/STM saraswati ke Polres Salatiga. Dari laporan ini akhirnya petugas melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka Zaenul dan Ariyanto. Dari kedua tersangka itu, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 buah laptop merk Accer Aspire, 2 buah prosesor, 3 buah RAM, dan 2 buah VGA card. Kedua tersangka sebelumnya sudah kenal dan dalam kasus ini mereka bekerjasama. “Akibat ulahnya itu, tersangka Zaenul akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan ancaman hukumannya 7 tahun penjara. Sedangkan tersangka Ariyanto akan dikenai Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” jelas AKP Rudy Cahya Kurniawan. (hes/nji)

Sidang Pembunuhan Diminta Reka Ulang KENDAL- Sidang pembunuhan dengan tersangka Feri, warga Desa Ngerjo Kecamatan Ringinarum, kembali digelar di Pengadilan Negeri Kendal, Rabu (11/1). Seperti yang sudah-sudah, warga Dusun Meron Desa Ringinarum, Kecamatan Ringinarum, tetap datang ke pengadilan untuk menyaksikan jalannya sidang tersebut. Pada kesempatan itu, Kepala Desa Ringinarum, utrisno, meminta dilakukan proses reka ulang terhadap kasus penusukan yang dilakukan tersangka Feri Efendi pada pertikaian yang terjadi September silam. Sutrisno mengatakan, pihaknya mewakili warga, menuntut dilakukan reka ulang kasus penusukan dengan menghadirkan para korban selamat. Hal itu lantaran mereka yang menjadi korban, mengetahui benar peristiwa yang terjadi pada 10 September lalu. ‘’Reka ulang tidak harus di lokasi kejadian. Yang penting melibatkan para korban. Warga saya meminta dilakukan rekonstruksi,’’ kata Sutrisno. Kepada majelis hakim, Sutrisno menyatakan, dirinya mengetahui pertikaian antarpemuda Desa Ringinarum dan Desa Ngerjo melalui pengeras suara di masjid setempat. Setelah menuju lokasi, dia menyatakan segera melapor ke polsek terdekat. ‘’Meski petugas sudah mendengar informasi itu, saya tetap melaporkan peristiwa di Ringinarum ke kantor polisi,’’ tuturnya. Sementara itu, saksi Faurul Munaji, menyatakan tidak tahu persis asal mula penyebab pertikaian. Saksi mengaku, sekitar pukul 11.45 berkumpul bersama tiga rekannya di depan rumah almarhum Suhardi alias Mustakim. Tiba-tiba datang beberapa pemuda Ngerjo. Dia mengaku tidak tahu peristiwa penusukan. Namun, saksi melihat Feri memegang pisau sembari memberikan ancaman. ‘’Saya mencoba mengejar Feri yang naik sepeda motor, tetapi tidak berhasil. Feri ketika peristiwa itu menggunakan kaos dalam,’’ ujar Faurul yang turut mengantar korban ke RSI Kendal. Ketua Majelis Hakim Didiek Budi Utomo menanyakan kesaksian Faurul kepada Feri, dengan tegas, terdakwa yang mengenakan pakaian lengan panjang putih dan celana hitam menyatakan keberatan. ‘’Saya keberatan,’’ tegas Feri yang disambut koor cemoohan warga Dusun Maron yang menghadiri persidangan. Kuasa hukum terdakwa, Aries Santo Eko Nugroho menyatakan, pihaknya akan mengikuti dan mendengarkan keterangan saksisaksi sesuai dengan undang-undang yang berlaku. ‘’Jika klien kami nantinya dinyatakan bersalah dan bukti-buktinya kuat, kami tentu akan bekerja seusai dengan undang-undang yang berlaku,’’ kata Aries yang berasal dari LBH Dr Teguh Samudera Semarang. Sidang yang dipimpin majelis hakim Drs Didiek Budi Utomo SH masih sama dengan pekan lalu, yakni mendengarkan keterangan saksi. Tiga orang saksi yang dihadirkan antara lain Sutrisno, Faurul Munaji, dan Nur Abidin. (ono/nji)

n

Warga Blokir Akses Proyek Jalan Tol l Tuntut Pengganti Jalan Desa Oleh Nino Adisumarto Akibat pembangunan jalan tol, warga Ungaran Timur kehilangan jalan utuk aktivitas sehari-hari. Mereka menuntut dibuatkan jalan pengganti.

S

EKITAR 150 warga Dusun Jetis, Kalirejo dan Gedanganak Kecamatan Ungaran Timur, Rabu (11/1) kembali menggelar aksi unjukrasa menuntut PT Trans Marga Jateng mengembalikan jalan desa Jetis-Gedanganak, yang terpotong oleh pembangunan jalan tol Semarang-Solo. Aksi kemarin diwarnai pemasangan pathok dan tali pembatas di lokasi bekas jalan desa. Warga juga sempat mendorong pipa beton berdiameter 1,5 meter ke tengah lokasi guna menghambat pekerjaan proyek jalan tol. Namun tindakan tersebut berhasil dicegah oleh sekitar 60 anggota Dalmas dan Kapolsek Ungaran, Kompol Sukarman yang mengawal aksi tersebut. Unjuk rasa yang digelar mulai pukul 09.00 hingga 11.00 tersebut sempat menghentikan aktivitas pelaksana pembangunan proyek jalan tol di wilayah Beji, Ungaran. Koordinator aksi, Ali Nurhidayat menjelaskan, aksi kali ini merupakan aksi lanjutan dari warga Jetis dalam menuntut pembuatan jalan tembus Jetis-Gedanganak, sebagai pengganti jalan desa yang tertutup oleh pembangunan jalan tol. “Dahulu di lokasi ini ada jalan desa yang yang

hilang karena pembangunan jalan tol. Untuk itu kami meminta agar PT TMJ segera membuatkan jalan penghubung sebagai ganti jalan desa,” ujar Ali, kemarin. Menurut Ali, hilangnya jalan desa yang diseabkan pembangunan jalan tol tersebut telah mengganggu aktivitas warga. Para petani yang memiliki sawah dan kebun di sekitar bukit Tegal Lepek, otomatis tak bisa menggarap sawahnya. “Bahkan warga yang kebanyakan pekerja pabrik di wilayah Gedanganak terpaksa harus mengojek. Padahal sebelumnya warga hanya berjalan melalui jalan desa tersebut,” papar dia lagi. Sesungguhnya, lanjut Ali, dalam sosialisasi awal pembangunan jalan tol pihak TPT dan P2T sudah menjanjikan adanya pengganti jalan desa. “Bahkan dulu desainnya juga sudah diperlihatkan kepada warga. Tapi faktanya setelah jalan tol dibangun janji tersebut tidak direalisasikan,” tandasnya. Ali menungkapkan, apabila tuntutan warga dalam aksi kali ini tidak segera direspons oleh PT TMJ, maka pihaknya akan melakukan aksi serupa dalam jumlah pengunjuk rasa yang lebih besar. “Kalau tidak ada respon secepatnya, bukan tidak mungkin kami akan

HARSEM/NINO ADISUMARTO

Warga Jetis, Kalirejo dan Gedanganak kemarin memblokir akses jalan proyek jalan tol memblokir akses jalan proyek, untuk menghentikan pelaksanaan pekerjaan jalan tol,” tegas dia. Sementara Direktur Tehnik dan Operasional, Ari Nugroho dalam mediasi yang difasilitasi Kapolsekta Ungaran menjelaskan, bahwa untuk penambahan jembatan atau jalan tembus, harus terlebih dahulu mengajukan izin ke pemerintah melalui Kementrian Pekerjaan Umum (PU). “TMJ tidak bisa langsung membangun jembatan tau jalan tembus tanpa izin dari pemerintah, sebagai pemilik lahan. Untuk itu kami akan mengajukan ijin dan usulan ke Menteri PU dulu,” katanya. “Kalau izin dan usulan tersebut cepat di Acc, maka pembuatan ganti jalan desa tersebut akan segera direalisasi,”

Akibat Copy Paste

Banyak Dobel Anggaran dalam KUA PPAS DEMAK-FKRMD (Forum Komunikasi Rakyat dan Mahasis Demak) memandang, akibat masih lestarinya budaya copy-paste, draf KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Platform Anggaran Sementara) tahun 2012 masih terdapat dobel anggaran di sejumlah SKPD hingga miliaran rupiah. “Dalam judul kegiatan banyak terjadi dobel anggaran atar SKPD, akibat kondisi ini kami berharap Dewan segera merevisi anggaran tersebut jangan sampai dana terbuang sia-sia,” tegas Ketu FKRM, Rifai ketika beraudensy dengan unsur Pimpinan dan anggota DPRD, Rabu kemarin (11/1) di Ruang Rapat Pimpinan. Di hadapan tiga Wakil Ketua DPRD, yaitu Mugiyono, Budhi Ahmadi, dan H Kusaeni serta unsur Komisi, seperti Danang Saputro (Komisi A), dari Komisi B, H Suradi, H Sonhaji, dan Tatiek S, dari Komisi C, S Fahrudin Bisri Slamet, Fatkan dan Sunari, serta Nur Wahid (Komisi D), Rifai mendesak agar Dewan meninjau sejumlah kegiatan yang terjadi dobel anggaran, sepert sosialisasi hukum di Bagian Hukum Setda Demak sudah dianggarkan kenapa di Kecamatan juga dianggarkan. Atau kegiatan sosialisasi UKM sudah teranggar di Dinperindagkop UMKM masih dianggarkan di Kantor Kecamatan. Kegiatan Bintek Dewan dan Eksekutif apa aplikasi-nya setiap tahun selalu dianggarkan, kegiatan hearing sekwan dengan publik (masyarakat) setiap tahun dialokasikan padahal tahun 2011 ada delapan kegiatan belum ada buktinya. Copy-paste masih terjadi dalam pengadaan ATK, kenapa setiap tahun dianggarkan dengan dana yang sama. Dan

di anggaran pertemuan ulama dan umaro di Rumah Tangga Bupati teranggar kenapa di semua kecamatan juga dianggarkan, tahun 2011 teranggar 3 kegiatan realisasinya hanya sekali. “Apa dengan tanda tangan daftar hadir rangkap enam dianggap semua kegiatan sudah terlaksana,” ungkap Rifai. FKRM juga mendesak Dewan sudi merevisi anggarak jalan nasional di depan Pasar Bintoro, kalau kegiatannya untuk pemeliharaan mungkin realitas, namun kegiatan di jalan nasional itu untuk pembangunan jalan beton yang dianggarkan dari APBD. Dana lain untuk pengadaan alat perlengkapan sampah, kenapa dianggarkan di tiga dinas, yaitu Kantor Lingkungan Hidup, DPUPPE dan Dinperindagkop UMKM. Serta masih ada kegiatan terkesan hanya untuk menghabiskan anggaran APBD saja, seperti kawasan RTH (ruang taman Hijau) untuk penataan alun-alun sebesar Rp. 5 milyar. Mugiyono menerima baik saran dan kritik LSM, hal tersebut menunjukan dinamisnya demokrasi, diakuinya KUA PPAS tidak sesuai dengan hasil Musrenbang (Musyawarah rencana pembangunan) dan terjadi dobel anggaran. “Namun kami tidak akan mengubah kegiatan dalam KUA PPAS, hanya akan mendalami sejumlah kegiatan yang disangka dobel anggaran itu,” jelasnya. Dalam audensi tersebut seharusnya unsur dari eksekutif juga datang, menurut sejumlah anggota dewan lain, ekseutif dari tim anggaran sudah diundang namun mereka tidak mau datang dengan alasan yang belum jelas. (swi/nji)

imbuhnya. Dalam mediasi kemarin, Ari Nugroho juga sempat meminta fotocopy desain pembangunan jalan tol yang diberikan oleh P2T kepada warga pada sosialisasi awal pembebasan tanah. Terpisah Kapolsekta Ungaran, Kompol Sukarman menyayangkan bahwa aksi warga kemarin dilakukan di lokasi proyek. Seharusnya penyampaian aspirasi lebih baik dilakukan di halaman kantor PT TMJ gerbang tol Ungaran. “Saya sudah menawarkan hal itu, bahkan saya sudah menyiapkan dua truk Dalmas untuk mengangkut warga. Tapi mereka menolak, sehingga mediasi dilakukan di lokasi. Secara keseluruhan petugas berhasil mengamankan aksi warga hingga tidak menimbulkan tindak anarkis,” ternag dia. (nji)

Natal Momentum Pererat Persaudaraan SALATIGA – Dalam perayaan Natal tahun 2011 yang digelar Pemkot Salatiga ini, kami berpesan agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan untuk kemajuan dan kedamaian bagi Kota Salatiga tercinta khususnya serta bangsa Indonesia secara umum. Selain itu, perayaan ini dapat membawa sukacita dan penuh kesan. Hal ini kiranya kita semua dapat menjadi pribadi-pribadi yang kuat dalam menghadapi dinamika kehidupan dengan iman percaya yang teguh serta dapat berkarya dengan baik. Demikian diungkapkan Walikota Salatiga Yuliyanto dalam sambutan dan pesan Natal bersama dalam acara Perayaan Natal PNS/ TNI/ Polri/ Guru/ Honorer dan Karyawan, di Bethel Area – Gereja Bethel Indonesia (GBI) hasanudin, Salatiga, Rabu (11/1) kemarin. Ditambahkan, harapan lain dalam perayaan ini, ke depan umat kristiyani dapat menjadi pioner-pioner perdamaian dengan tidak membeda-bedakan secara eksklusif. Baik agama, status maupun yang lainnya. “Kami berharap, perayaan Natal ini dapat memberikan harapan dan membawa kedamaian bagi kita semua. Bahkan dengan tema ‘bangsa yang berjalan di dalam kegelapan, telah melihat terang besar’ ini, akan dapat membawa kepada kehidupan yang lebih baik di Kota Salatiga secara khusus,” kata Yuliyanto. Dalam acara ini, yang menarik perhatian adalah Walikota Salatiga Yuliyanto dan Sekda Agus Rudianto mendatangi Perayaan Natal ini secara bersama dan datang dalam satu mobil. Hadir juga Danrem 073/ Makutarama, Dandim 0714 Salatiga, Kajari, Wakapolres, serta Ketua PN Salatiga. Bahkan, artis kawakan asli Salatiga, (Evangelis) Rudy Salam turut hadir dan memberikan kesaksian hidupnya serta pesan Natal. Sementara, playan firman atau pengkotbah adalah Romo Petrus Yuwono Hendro Prasetyo MSF dari Gereja Katholik Santo Paulus Miki Salatiga menegaskan bahwa dalam Natal ini kita semua dihadapkan pada moment yang bagus yaitu untuk selalu bercermin dan merefleksi kehidupan di hadapan Tuhan Allah. Tidak ada gunanya dalam kehidupan jika tidak pernah atau tidak ada refleksi kehidupan sebelumnya. Di sela-sela acara ini, panitia Natal juga memberikan tali asih kepada beberapa pelajar dari TK Kristen 2 Salatiga, SMKN 2, SMK Kristen serta dari SMP Pangudi Luhur. Pemberian tali asih juga diberikan kepada Ir Tri Susilo Budi, mantan Kepala DPU yang memasuki pensiun. Dalam perayaan Natal ini, persembahan yang terkumpul sebesar Rp 6.200.000. (hes/nji)

Semburan Air Gegerkan Warga

Warga menyaksikan fenomena semburan air artesis di Kendal KENDAL-Pancaran air dari bawah tanah yang sedang dibuat untuk sumur artetis, menggegerkan warga Dukuh Tanjung Desa Wonosari Kecamatan Pegandon Kendal, Rabu (11/1) Pasalnya, tiba-tiba air

HARSEM/ONO

dari sumur bantuan Pamsimas itu menyembur dengan ketinggian sekitar 50 centimeter. Air juga menggenangi pekarangan. Warga setempat kemarin pagi berduyun-duyun mendatangi sumur

yang terus mengeluarkan air dengan debit cukup besar itu. Padahal sumur di samping masjid Al Hikmah RT 03 RW 05 itu belum selesai penggarapannya. Menurut salah seorang warga Taman (50), air mulai memancar dari pipa bor sekitar pukul 21.00 Selasa (10/1) malam. Saat beranjak dari kasur, tibatiba lantai rumahnya sudah dipenuhi oleh genangan air setinggi lutut orang dewasa. “Saya kaget,ketika bangun dari tempat tidur. Saya kira ada banjir,” ujarnya. Semantara warga lain bernama Imron (45) mengatakan, Selasa sore sumur tersebut belum berair saat ditinggal pulang para pekerja bor. Kemudian tiba-tiba warga digegerkan keluarnya yang melimpah pada malam harinya. Warga awalnya kaget dan takut, pasalnya kejadian itu dikira banjir. Namun setelah dicek seksama ternyata air dari sumur Pamsimas. Warga sendiri menganggap air itu bukan musibah, melainkan berkah. Karena saat kemarau daerah sekitar juga kekurangan air. “Kami anggap saja ini berkah, karena saat kemarau kita juga masih kekurangan air,” katanya. Sementara Noor Fauzi Kepala Dinas Ciptaru Kendal mengaku bakal

membuat tandon air untuk penanganan sementara agar tidak kembali menggenangi rumah warga. selanjutnya air tersebut akan disalurkan ke rumahrumah warga setempat. “Program Pamsimas tetap kami teruskan. Penanganan sementara kita akan buatkan tandon air dengan ukuran sekitar 2,5X3 meter dengan kapasitas sekitar 4 kubik. Kemudian kita salurkan ke rumah-rumah warga,” katanya. Lebih lanjut dikatakan, rencana awal kedalaman pengeboran tersebut yaitu hingga 100 meter. Namun baru sampai kedalaman 80 meter sudah terdapat sumber air yang melimpah tersebut. Menurutnya, proses pengeboran sendiri tidak berjalan mulus. Bor pekerjsa sempat patah karena terdapat batu pada lokasi pengeboran. Warga sendiri saling bahumembahu membersihakan tiga rumah warga yang sempat tergenang air. Tiga rumah yang tergenang adalah milik Taman (54), Dermi (50) dan Ngadi (50). Warga juga membuatkan parit sementara untuk dialirkan disungai setempat, sehingga tidak kembali menggenangi rumah. Hingga siang kemarin debit air yang keluar dari sumur tersebut cukup besar. (ono/nji)


ekonomi & bisnis

5

kamis, 12 Januari 2012

Di Bandara Ahmad Yani

Sriwijaya Air

Tujuan Sby

Jkt Bjmsn

Jam Berangkat 10.40 (Daily) 18.15 (Operate Jumat & Minggu) 06.20, 11.20 (Daily) 18.10 (Daily) 12.35 (Daily)

Bjmsn- 14.50 (Daily) Smg Garuda Indonesia

Jkt

06.05, 07.35, 09.20, 10.55,12.35, 14.55, 16.00, 17.00, 18.35

Batavia Air

Jkt

08.30, 17.30 (Daily)

Lion Air

Jkt

06.50, 11.40, 15.15

Sumber : Bandara A. Yani Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Daftar Harga Sembako Beras C4 Super C4 Gula Pasir Minyak Goreng Kemasan Tanpa kemasan Daging sapi Daging ayam Telur Elpiji 3 kg Elpiji 12 kg Cabai Merah besar Merah keriting Rawit Bawang merah Bawang putih Minyak tanah Mentega kemasan Kedelai Jagung

Rp 7.000/kg Rp 6.500/kg Rp 10.250/kg Rp 12.400/kg Rp 10.000/kg Rp 58.000/kg Rp 22.000/kg Rp 16.000/kg Rp 13.000 Rp 74.000 Rp 15.000/kg Rp 8.000/kg Rp 18.000/kg Rp 20.000/kg Rp 23.000/kg Rp 8.500/l Rp 4.700/200 gram Rp 6.500/kg Rp 5.000/kg

Sumber : Pantauan dari Pasar Tradisional Semarang serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang

Perum Pegadaian Kanwil XII Jateng - DIY

Gagal Capai Target Kredit

Perum Pegadaian Kanwil XII Jateng - DIY pada tahun 2011 ini gagal mencapai target kredit yang ditetapkan. Hingga akhir tahun lalu, tercatat total Kredit Cepat aman (KCA) yang dikucurkan hanya mencapai 91,06% atau sebesar Rp 7 triliun dari target yang ditetapkan sebesar Rp 7,6 triliun. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Hubungan Masyarakat Kanwil XII Jateng-DIY Norbertus Ambardhi, di kantornya belum lama ini. Disampaikan juga, salah satu pemicu gagalnya pencapaian target penyaluran kredit Pegadaian adalah banyaknya perbankan syariah yang melayani kredit gadai. “Belakangan ini kian marak berdirinya bisnis semisal perbankan syariah yang juga melayani kredit gadai. Hal ini tentu menjadi pemicu gagalnya pencapaian target Pegadaian. Selain itu, ditambah lagi dengan tidak tersosialisasikannya dengan baik beberapa outlet baru di tahun lalu,” ujar Ambardhi. Ditambahkan, ada sekitar 60 outlet baru yang belum banyak dikenal masyarakat. Di antaranya di wilayah Semarang Timur, Salatiga, Surakarta, Kudus, serta Pekalongan. Ambardhi mengungkapkan, produk KCA atau yang biasa disebut dengan gadai merupakan produk yang paling diminati oleh nasabah. Dari total penerimaan Pegadaian, KCA memberikan kontribusi sebesar 90%. Sementara, barang jaminan yang paling banyak digunakan adalah emas, dikarenakan lebih praktis. “Nasabah semakin sadar untuk memilih menjaminkan emas, karena lebih praktis dan harganya cenderung tidak menyusut,” lanjut Ambardhi. Dari keseluruhan barang yang dijaminkan oleh nasabah, 70% di antaranya adalah emas. Sisanya lebih banyak berupa barang elektronik, seperti laptop, televisi serta telepon seluler. Omzet meningkat Meski target penyaluran tidak tercapai, terdapat peningkatan omzet yang cukup signifikan, sebesar 30% dibandingkan tahun 2010 lalu. Tahun ini omzet yang diperoleh oleh Pegadaian Kanwil XII Jateng-DIY mencapai Rp 7 triliun, sementara tahun 2010 hanya sebesar Rp 6,7 triliun. Sedangkan bila dilihat dari unit barang yang digadaikan, terdapat peningkatan sekitar 1 juta unit, dari yang sebelumnya sekitar 3 juta unit barang di tahun 2010, meningkat menjadi 4 juta unit barang di tahun 2011. Produk gadai syariah justru memperoleh hasil sebaliknya. Dari 48 outlet Pegadaian di wilayah Jateng DIY yang melayani gadai syariah, diperoleh pencapaian sebesar Rp 490 miliar, atau 103,17% dari target yang ditetapkan sebesar Rp 475 miliar. “Untuk tahun ini kami berencana membuka sebanyak 50 outlet baru. Kami berharap dengan outlet baru ini akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan jumlah nasabah serta penyaluran kredit gadai,” lanjutnya. (nuh/tab)

Trafik Penerbangan Meningkat Oleh nur Hidayat

tiga maskapai penerbangan akan membuka rute baru di Semarang, sehingga trafik penerbangan di Bandara Ahmad Yani akan mengalami peningkatan cukup besar.

A

ssisten Manager Pelayanan PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Purna Irawan mengatakan, di awal tahun ini setidaknya sudah ada tiga maskapai penerbangan yang akan membuka rute baru dari Bandara Ahmad Yani Semarang. “Ketiga maskapai yang akan meramaikan penerbangan di Semarang tersebut adalah Air Asia, IAT dan Royal Pacific, dengan jumlah penerbangan sebanyak sembilan kali per hari,” ujar Purna Irawan. Potensi Kota Semarang sebagai kota bisnis berdampak pada arus penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang. Kondisi ini dicermati juga oleh Pemkot Semarang dengan

upaya pembenahan Bandara Ahmad Yani. Purna mengatakan, saat ini di Bandara Ahmad Yani Semarang terdapat 60 kali penerbangan per hari. Sementara maskapai yang melayani sebanyak delapan buah. Rata-rata penumpang yang datang dan pergi dalam satu hari mencapai 3.800 orang. “Angka ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun lalu, dimana rata-rata penumpang yang dilayani hanya sebanyak 2.500 orang per hari. Untuk tahun ini kami menargetkan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak lebih dari 4.000 orang per hari. Kami yakin target tersebut bisa tercapai, terlebih lagi didukung dengan renovasi bandara

HARSEM/DOK

Sejumlah pesawat parkir di Bandara Ahmad Yani, Semarang yang saat ini tengah dilakukan,” ujar Purna. Meski begitu, lanjutnya, keterbatasan area parkir pesawat dan ruang tunggu bandara cukup menjadi kendala tersendiri

dalam pengembangan pelayanan bandara. Pasalnya, saat ini tempat parkir pesawat hanya mampu menampung maksimal lima pesawat Airbus atau enam pesawat Boeing.

TPKS Tunda Penambahan Layanan Kargo Domestik terminAL Peti Kemas Semarang (TPKS) terpaksa menunda rencana penambahan pelayanan bongkar muat peti kemas domestik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pada tahun ini. Hal ini mengingat rencana tersebut tidak mendapat persetujuan dari Bea Cukai selaku pengelola kawasan kepabeanan di pelabuhan. Hal tersebut diungkapkan oleh Manajer Operasional TPKS Iskandar Zulkarnain di kantornya, kemarin. Disampaikan, atas kondisi ini pihaknya akan terus berusaha melakukan pendekatan dengan pihak Bea Cukai, demi diturunkannya izin tersebut. “Kami akan terus mengupayakan agar izin tersebut turun. Alasan kami mengejar izin tersebut sederhana, yaitu karena potensi pasar terkait kargo domestik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ini cukup besar. Pada prinsipnya, kami akan tetap mencoba agar pelayanan peti kemas domestik dapat terealisasi di sini,” ujar Iskandar. Ditambahkan, sejauh ini permintaan dari pengguna jasa kargo domestik cukup tinggi. Bahkan, ada pula permintaan dari beberapa pengusaha pelayaran untuk melayani pengembalian peti kemas kosong melalui domestik. “Jika pelayanan bongkar muat kargo domestik bisa segera terealisasi, tentu akan dapat mendongkrak volume bongkar muat di TPKS. Diperkirakan, penambahan layanan ini akan dapat memberikan peningkatan pendapatan sebesar 7% dari pendapatan tahun sebelumnya,” lanjutnya. Menurut Iskandar, potensi bongkar muat kargo domestik berkisar 20.000 TEUs per tahun. Sementara realisasi volume bongkar muat di tahun 2011 mencapai 427.468 TEUs atau sekitar 265.478 boks. Angka ini menunjukkan adanya kenaikan sebesar 4% dibandingkan tahun 2010. Sembari menunggu terbitnya izin operasional yang saat ini masih dalam pembahasan, pihak TPKS tetap melakukan berbagai persiapan, terutama menyangkut infrastruktur. Selain menyiapkan tempat penumpukan peti kemas yang terpisah dari kargo internasional, saat ini juga sudah mulai disiapkan gate khusus untuk armada domestik. “Kami tetap melakukan persiapan tersebut. Harapan kami saat izin tersebut turun, kami sudah siap. Kami sangat optimistis pihak bea cukai akan mengeluarkan izin tersebut, mengingat potensi pasar kargo domestik yang cukup besar,” tukasnya. Terkait penerimaan, TPKS Pelabuhan Tanjung Emas pada tahun lalu berhasil memperoleh pendapatan sebesar Rp 363 miliar. Angka ini melampaui 7% dari target yang ditetapkan tahun lalu. “Estimasi penerimaan kami di tahun 2012 ini akan naik sebesar 4% dari tahun lalu. Apalagi bila kami bisa menambah layanan untuk kargo domestik, kemungkinan peningkatan akan mencapai 7%,” pungkasnya. (nuh/tab)

“Dengan rencana pengembangan bandara dan pembangunan terminal baru ke depannya, kami berharap pelayanan bandara akan lebih maksimal lagi,” ujarnya. (tab)

Grand Candi Meriahkan Imlek

HARSEM/DOK

Harum Hendra Winata

HARSEM/DOK

semArAK pergantian tahun baru China atau Imlek sudah terasa di mana-mana, termasuk di Grand Candi Gallery Hotel (GCH) Semarang. Kemeriahan suasana Imlek sudah terasa di lobby area. Dari ornamen lampion hingga pernak pernik khas Imlek sudah terpasang dengan apiknya. Terlebih di acara puncaknya, akan digelar gala dinner dengan sajian berbagai atraksi khas Imlek bertajuk Welcoming The Water Dragon Year, Minggu (22/1) mulai pukul 18.30 di lobby area GCH. Gala Dinner ini selain menghadirkan atraksi barongsai dan naga, juga sajian musik tradisional China yang sudah berumur 200 tahunan sebagai penyambut tamu. Ada juga persembahan dari Dewi Kwam Im dan Dewa Uang, Spring Dancer dan stan Tatto Temporary serta Fortune Teller yang akan melayani para tamu sepanjang acara. Juga disuguhkan menu-menu yang pastinya menggoda selera, yang khas diracik Chef Xiang Yuen Restaurant, Chef Surya. Menurut Harum Hendra Winata, Promotion Manager GCH, akan dihidangkan set menu meliputi appetizer seperti onde onde khas Xiang Yuen yang merupakan most wanted menu, traditional chinese choco candy dan Mandarin Orange. Main Menu seperti Yee Sang (hidangan khas Imlek), Shark’s Fin Soup with Crab Meat, Roasted Duck, Broccoli with Beef, Prawn Mayonnaise Sauce, Steamed Lazy Fish Soya Sauce, dan nasi goreng Yang Chow. Serta manisan Longan Pudding sebagai penutup. Tak lupa chinese tea akan dihidangkan secara free flow sepanjang acara. (tab)

Pelayanan bongkar muat peti kemas di Terminal Peti Kemas Semarang

Pasar Cokro Klaten Jadi Percontohan PeLAKsAnAAn pembangunan Pasar Cokro di Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten sudah hampir selesai. Pasar Cokro merupakan salah satu pasar tradisional yang menjadi sasaran revitalisasi pasar tradisional. Dengan revitalisasi itu, diharapkan Pasar Cokro nantinya menjadi salah satu pasar tradisional percontohan nasional. Dengan sumber dana tugas perbantuan Kementerian Perdagangan RI tahun anggaran 2011 sebesar Rp 9 miliar, pasar tradisional yang berdiri sejak tahun 1947 ini

mengalami perombakan menyeluruh. Menurut Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Agus Sriyanto, tujuan revitalisasi Pasar Cokro memang salah satunya untuk menjadikan pasar tersebut sebagai pasar percontohan nasional. “Pasar tradisional yang mempunyai ciri khusus karena penjual dan pembeli dapat berkomunikasi langsung. Yang selama ini terkesan kumuh diubah menjadi pasar tradisional yang

bersih, aman, nyaman, adil, dan berkelnjutan,” kata Agus Sriyanto. Menurut Agus, jika sudah selesai pembangunannya, rencananya Pasar Cokro akan diresmikan Menteri Perdagangan. Proses penyelesaian pembangunan saat ini terus dilakukan. Dengan tetap mempertahankan kearifan lokal dengan suasana pedesaan, Pasar Cokro sebagai sarana dan prasarana perdagangan yang memadai, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat. (sae/tab)

HARSEM/DOK

Maskapai

Pasar Cokro menjadi salah satu pasar tradisional percontohan nasional


YAIK-BARITO ya iklan baris to! Tarif Iklan Pastikan..!!

JENIS IKLAN

BW

Baris Kolom Advertorial Display

SPOT

6.000,-/baris 6.500,-/mmk 8.500,-/mmk 10.000,-/mmk

7.000,-/baris 7.500,-/mmk 9.500,-/mmk 11.000,-/mmk

FULL COLOR 10.000,-/mmk 12.500,-/mmk

KETERANGAN > 2 baris < 10 baris 30 mmk < 200 mmk > 200 mmk > 100 mmk

Brosur dan Material Promo Anda Sampai Ke Tangan Pembaca, Karena Hanya Kami Ahlinya... KEHILANGAN

KOS

LOWONGAN

BUTUH UANG Pembiayaan mobil /motor Jaminkan BPKB Proses Cepat Tanpa Survei Bunga mulai 0.5% Takeover. Bisa Hub: 024-70880082 / 085727711297

HILANG STNK NP H 3968 AP an. Dwi Lisa Andriana, Jl.Murtimulyo Blok B No.4 RT.01/15 Muktiharjo Pedurungan SMG

MENERIMA kos2-an putri / mahasiswi / karyawati Jl. Parangbaris 7 no.19 Telp. 0246706482 / 91341819 / 0856405222372

DIBUTUHKAN SEGERA MARKETING

BUTUH DANA Jaminkan BPKB, Ke KSP Pundi Artha Mas Hub: 024-70529700 0688/IKL/R/X/20/11

ELEKTRONIK

1051/IKL/R/XII/31/11

1021/IKL/R/XII/3/11

HILANG STNK NP H 1826 TG an. Primkopkar PT. PLN Dis JTG, Jl. Teuku umar 47 SMG

MENERIMA Kos2an Pasutri Jl. Parangbaris 7 No.19 Telp. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

1050/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP. H 5713 SZ an. Suprijanto, Lamper Mijen RT. 01/06 Lamper tengah SMG 1049/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP. H 6315 SP an. Kusmiati, Surtikanti VI/6 SMG

0990/IKL/R/XI/07/11

KOS PASUTRI/karyawan 2 bln Rp 500.000 Lok. Daerah Mrican Hub. 024-91312155 0700/IKL/R/XI/02/11

KULINER

1048/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP. H 3829 ER an. Winarno, Jl. Kawi III RT.04/04 Wonotinggal Candi sari SMG

TOKO PARABOLA Jl Hasanudin G 58 Pasang / servis / Yes TV / Indovision, Hub: 024-70889950 0873/IKL/PR/VI/09/11

JASA PROPERTI DESAIN & SPESIALIS Renov/baru. Rmh, Kost (Free Gbr+Kitchen Set). 70129510 0641/IKL/B/VII/17/11

KEHILANGAN HILANG STNK NP H 3924 LF an Slamet Riyadi Jl. Lodon II Rt 08/05 Bandarharjo Smg Utara 0009/IKL/R/I/06/12

HILANG STNK NP H 6693CZ Winarno, Meteseh RT. 3/1 SMG

HILANG STNK NP. H 3293 SZ an. Andrias Budi S, Pudakpayung RT.3/3 Banyumanik SMG 1044/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 5167 JR an. Suryatini. BA, Tanah Putih RT.02/03 Candisari SMG 1043/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 3142 FP an. Menik Maisaton, Jl. Seruni 3 No. 4 RT.7/10 Tlogosari Pedrgn SMG 1042/IKL/R/XII/28/11

LAIN-LAIN AMAN, legal, BPOMRI, Foredi-Gel 200rb. Pesan antar 085641321999 0975/IKL/R/X/06/11

FOREDI – Gel 200rb, GASA 250 rb, asli legal Hub 085641321999 0974/IKL/R/X/06/11

JUAL GPS Tracking 2,5 jt/unit free berlangganan Web & GPRS selama 1 th Hub : Nanang 081330407550

HILANG STNK NP H 6471 PR an Slamet Pujianto Jl Asrama Polri Kalisari Rt 04/07 Blok 8/II Smg

HILANG STNK NP . H 6490 DP an A. Budiyono, Kp. Penjaringan RT.06/01 Kemijen Smg

0008/IKL/R/I/06/12

1041/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP H 6118 WF an Nang Warianto Subarjdo Jl. Kp Bugen Rt 02/01 Muktiharjo Kidul Pedurungan Smg

HILANG STNK NP . H 6359 FS an Joko Pujanto, Brigjen Sudiarto No.299B RT.1/4 Smg

JUAL ALAT PENGHARUM RUANGAN OTOMATIS HUB. 085225518179

1040/IKL/R/XII/28/11

0906/IKL/B/VII/22/11

0007/IKL/R/I/06/12

HILANG STNK NP. H 2160 RE an Darto, Kramas RT.03/03 Tembalang Smg

HILANG STNK NP H 2216 ZN an Suhendri, Blerong RT 1/3 Guntur Demak 0006/IKL/R/I/05/12

HILANG STNK NP H 4904 BP an Dwi Bagus Andrianto, Tanjungmas RT 6/11 SMG 0005/IKL/R/I/05/12

HILANG STNK NP. H 5894 BY an GKJTU Jemaat Semarang IV, Jl. Nangka No. 16 RT 01/02 SMG 0004/IKL/R/I/05/12

HILANG STNK NP H 1985 UA an Abdullah Jl Kauman Krendo 31/32 Smg 0003/IKL/R/I/04/12

HILANG STNK NP H 2961 PG an Ery Astuti Jl. Talangsari IV/6 Smg 0002/IKL/R/I/04/12

HILANG STNK NP H 2931 GS an Rusdiyanto Jl Kanguru Utara V/25 Rt 10/03 Smg 0001/IKL/R/I/04/112

0931/IKL/R/VIII/03/11

LOWONGAN

PELUANG USAHA

1039/IKL/R/XII/28/11

Kami perusahaan Distributor Bahan Baku Roti untuk pabrik roti membutuhkan beberapa salesman.

0011/IKL/R/I/12/12

USAHA Sampingan penghasilan 850rb - 5 Jt/ hari bersama PT. MNI hub. 085865007194 1029/IKL/R/XII/16/11

DAHSYATNYA INVESTASI FOREX!profit 2,5 juta/hari selama 250 hari (Modal Min.500rb) INFO? www.starttexas.com. ATAU? SMS “PETUNJUK” Hp 081905109444 1029/IKL/R/XII/15/11

MAU PUNYA Usaha sendiri? Gabung dgn minuman teh siap saji GOOD TEA Hub: 081228397779 / 085842174777 1025/IKL/R/XII/15/11

Syarat: - Usia max 30 th - Pendidikan min DIII/SI - Punya motor & SIM Lamaran ditujukan ke: Jl. Puspowarno I/20 Semarang 0975/IKL/R/X/07/11

DAHSYATNYA Bisnis FOREX! Profit Rp.2,5Jt/ hari, Modal Min, Rp.1Jt Cocok utk PNS, Pegawai Swasta dll. Info lengkap www.starttexas.com. SMS "PETUNJUK" Hp. 081905109444 1011/IKL/R/XI/25/11

PENDIDIKAN

DIBUTUHKAN 300 karyawan untuk perkebunan sawit, upah harian, bonus premi, mess, sembako, klinik gratis, jamsostek Hub. 081237225459 / 085651031888

0999/IKL/R/XI/11/11

HILANG STNK NP . H 2671 PZ an. Setu Jl Candi Losmen Rt 3/9 Candisari Smg

0904/IKL/R/VII/16/11

1036/IKL/R/XII/23/11

1034/IKL/R/XII/22/11

SALESMAN

JUAL MOBIL MITSUBISHI L300 DP BOX 1996 COKLAT ABU-ABU H 1853 WH. Hub: PT Artha Asia Finance 024-6700787

1037/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 5249 TR an. Febby Irawan, Rasamala Raya No.94 RT.5/5 Banyumanik SMG

DIBUTUHKAN BEBERAPA

DIJUAL MOBIL Mitsubisi Lancer’88 Plat H, hitam full variasi an sendiri pjk pjg Hub: 08562680116/085640178475 hrg 26 jt

HILANG STNK an Purtomo Jl Brumbungan Semarang merk Yamaha

1035/IKL/R/XII/22/11

0988/IKL/R/XI/03/11

JADILAH BOS Bagi diri Anda sendiri. Bekerja dr rumah, potensi pendapatan rata2 1-5 Jt/bln, dgn part/full time. www.wfhweb.com/haris46

AGEN BABY SITTER, Jompo, Dpt U/ saku 4jt, Spor, Hkg, Twn, Gj 5jt GRATIS Fee Sponsor 8,5jt. Hub. PT RIMBA (021)84972854, 84971469, 33722294, 70533132, 70582811 0993/IKL/R/XI/09/11

JUAL MOBIL TOYOTA BU43 DUMP TRUCK 2005 MERAH H 1513 SG. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787

PERBANKAN

SALON

PENGOBATAN Alternatif terapi air putih & zam-zam utk sgl penyakit Hub. Gus Rodi 024-70427247 Kel Mangunharjo Rt 01/02 0010/IKL/R/I/11/12

PIJAT Refleksi semua jenis penyakit sukarela dgn herbal. Hub. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

1020/IKL/R/XII/3/11

TERAPI Cakra Spiritual (Biaya Sukarela), Gayamsari IV/22, Majapahit SMG. Telp.6706083

0958/IKL/V/IX/03/11

NEW MASSAGE & RILEXS call : Viona 085741812670

1005/IKL/R/XI/22/11

SEDOT lintah, gurah, rapetkan V, ED, Bekam, Telat bln, K-prawan, L sahwat. Kons: Raketkan pasgn, menata aura, buang sial Gayamsari IV/22 Majapahit Smg 6706083

0903/IKL/R/VII/16/11

0905/IKL/B/VII/22/11

JUAL MOBIL TOYOTA DYNA TRUCK 2000 MERAH H 1465 MC. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787

INGIN KULIAH BHS Inggris & Belanda masuk saja di AKABA 17 Semarang Hub: 3552474 Seteran Dalam No 9 Semarang.

0902/IKL/R/VII/16/11

0851/IKL/PR/V/14/11

0600/IKL/B/V/05/11

TANAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

BU : JUAL TANAH Di Meteseh, Rumah Di Tembalang Hub. EDO (024) 50218699

0872/IKL/PR/VI/09/11

1004/IKL/R/XI/19/11

SPECIALIS IMPOTEN, ED, dll besarpanjang vital. Jeng Peni, 024 70021514

JUAL/BU: Tanah di Sampangn, tepi jln, 375 jt / Rmh dekat Java Mall, 1,5M (nego) Hub: 085640351333

0868/IKL/PR/VI/09/11

PIJAT Ibu Ida & mas Yulianto. Mengatasi ejakulasi dini, tambah perkasa, lulur & refleksi. Pekunden tengah III 4A Hub: 0248416725 ada tempat bisa dipanggil.

PEMBIAYAAN

DIJUAL RUMAH dr type 21–besar disemua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik

1024/IKL/R/XII/15/11

DIJUAL RUMAH dr type 21-besar di semua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik

1022/IKL/R/XII/12/11

DIJUAL RMH HM 4 KT LT.7x12 Hrg 120 jt Nego Jl. Murti Indah 36 Muktiharjo Hub. 081325918989

1019/IKL/R/XII/3/11

JUAL CEPAT rumah Semarang Indah Blok E 2 Lantai Komplit 420jt 085842763159

0990/IKL/R/XI/03/11

HUBUNGI

0627/IKL/A/VI/29/11

3JT “PAKET PERKAWINAN” lengkap rias pengantin + dekorasi + foto digital. Hub: 024-70427892

0888/IKL/I/VI/24/11

0863/IKL/I/V/28/11

DIJUAL KAVLING ukuran 12x25M dkt UNNES Sekaran, harga 100jt Hub:081225060117 0858/IKL/PR/V/25/11

DIJUAL TANAH SHM 2269 Luas 7000 M2 Di Pati Hub: 024 48502743 0739/IKL/R/I/06/11

UMROH/HAJI

0990/IKL/R/XI/03/11

LES PRIVAT Rombongan Matematika RSBI dijamin nilai diatas 8 Hub 0246706482 / 91341819 / 085640522372 0934/IKL/R/VIII/06/11

0866/IKL/PR/VI/09/11

PIJAT PENYEMBUHAN MERIDIAN Dan terapi alat vital, Hub Bp.Budi 085640003160 ada tempat & terima panggilan

0870/IKL/PR/VI/09/11

LES NGAJI QUR’AN, 085225518179

1021/IKL/R/XII/12/11

TRANS JAYA Shuttle Smg-Jog 45rb, Travel Smg – Pwt 65rb, rental elf/dutro lux 2011, Hub: 082136363678

MELAYANI segala perawatan massage dan lulur. Panggilan. Hub: RINA- 024 70203835

0895/IKL/I/VII/09/11

DR.BOYKE: OLESAN TAHAN LAMA!! 8 JAM!! (200rb) www.pasutrihot.com Hub 024-91139013 & 0857.4141.9393 LES PRIVAT KILAT : Terapi Telinga, buka Aura, Terapi Energi Bio ( Bersihkan neg dalam tubuh) 085842763159

RENTAL MOBIL harian/blnan. ELF, Ravelo, Avanza, Xenia, dll. Hub: 02474046753 / 081229044750

TERIMA Pijat Refleksi tradisional capek dan totok wajah. Hub: Wahyu 085725715951 (ada tempat)

0867/IKL/PR/VI/09/11

MOBIL DIJUAL

1038/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP H 3732 JH an. Ari Susanto, Perum Suhada Permai No.9 SMG

Johar

0886/IKL/PR/VIII/10/11

0965/IKL/R/IX/20/11

HILANG STNK NP. H 3023 TW an. Ari Susanto, Jl. Candipawon TMR 1/32 Manyaran SMG

PENGOBATAN

RENTAL/TRAVEL

Fasilitas: Gaji, transport, bonus, dll. Min Rp 3-10 jt/bl. Pasti dan jenjang karier luas.

0660/IKL/R/VIII/27/11

024-91507718

0857/IKL/PR/I/21/11

SUZUKI SMASH Titan subsidi sampai 1,1jt DP 750rb angs 390rb Hub Lely 08563396086 SUZUKI MAJAPAHIT

Jl Kauman Barat 330 Semarang Telp 70345720 ES BUAH PALING ENAK Se-kota Semarang es buah “ DIRAJA” Putra es Kobar Solo

024-3512771

PINJAMAN Tanpa Agunan.. khusus karyawan, gaji 2jt lewat transfer bank. Hub: Ardian 024-70247939 / 085876862929

Membutuhkan: Karyawan tetap untuk Marketing P/W usia 23-55 th yang sudah pengalaman

an.

1045/IKL/R/XII/28/11

SPOT 8.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.000,-/mmk

GLOBAL MANDIRI, Dis. Tunggal "Maturo Soya” (baru buka cab. Semarang)

Lamaran lengkap langsung ke:

1046/IKL/R/XII/29/11

BW 7.500,-/baris 5.500,-/mmk 5.500,-/mmk 5.000,-/mmk

MOTOR DIJUAL

1047/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP . H 3092 P an Suratman, Tambak Mulyo RT.06/15 Tanjungmas SMG

JENIS IKLAN Display Pendidikan Display Keluarga Display Sosial Display Duka Cita

Website’s: www.hariansemarang.com Blog: http://hariansemarangbanget.blogspot.com Email: hariansemarang@yahoo.co.id

BUTUH UANG/BPR

0812/IKL/PR/IV/27/11

6

KAMIS, 12 Januari 2012

ANDA membutuhkan pembiayaan mobil niaga. Hub kami: 081326526063 ENDA, 081225366581 DANI, 081332221288 INDRA, 081227321114 NURDI, 081225 551888 WIWIN, 082136291312 AJAY. Jl. Majapahit No. 321 A. Proses cepat BPKB Aman. 0878/IKL/PR/VI/10/11

JUAL RMH HM Bukit Menur Sendangmulyo LT 91m2 listrik 1300w, 2 kt, PAM, hrg 120 jt nego Hub. 02470554473 / 08812460658

0944/IKL/R/VIII/13/11

DI JUAL Segera: Kavling HM + 750m2 di sltn SLB Mgnhrjo Tmblng Smg View bgs, nego. HP: 082136898938.TP dan No SMS

0929/IKL/R/VIII/02/11

DIJUAL RUMAH Tanpa DP Angs 880rb/ bln, Lokasi Bangetayu Kulon 70320596 0919/IKL/R/VII/27/11

UMROH/HAJI dengan 3,5 jt bisa berangkat umroh/haji+ bersama PT. Arminareka fee Refrensi 1,5 jt/jamaah Hub: 08157647484 0869/IKL/PR/VI/09/11

Info Sehat

& ►LESTARI Agency Jl. MH. Thamrin 82 Semarang. Telp. (024 - 3557003) ►ADILA Agency Jl. Imam Bonjol II / 265 Semarang. Telp. (024 - 3511051)

Dapatkan Sajian Berita

PESONA SEMARANG yang sesungguhnya

►MANDRA Agency Jl. Rowosari 24, Rt.4/Rw.1 (blkg soto bangkong srondol) semarang. Hp. 081364624211 ►PAIMAN Agency Jl. Cendrawasih (Nusantara motor). Telp. (024 - 70321541)

Jl. Cakrawala. Telp. (024 - 7617666)

Jl. Cendrawasih (Nusantara Mtr)

►CANDI Agency Jl. Pandanaran 30 Semarang (Kantor suara merdeka). Telp. (024 - 8319726 / 081575005800)

►P. TUKIMIN Agency Wartel Lobi Stasiun Tawang ►KUSUMA (Bu Widi) Via Lestari Agc.

►KIN Agency SPBU Kali Babon. Telp. (024 - 70946876)

►KURNIA Agency Pos Ojek Depan Museum Ronggowarsito. Telp. (024 - 70422025)

►YUDI Agency Arteri Soekarno Hatta 29 Semarang. Telp. (024 - 70602050)

►DUTA Agency Jl. Kakap I no.1 Ruko Sebantengan Ungaran. Telp. (024 - 6925050)

►NURI Agency Jl. Setia Budi (depan masjid sukun). Telp. (024 - 7463240)

►TERBIT BARU Agency Jl. HOS. Cokroaminoto 322 Ungaran. Telp. (08179538247)

►USAHA KAWAN Agency Jl. Garuda 23 A Semarang. Telp. (024 - 3517063)

►KOPINDA Jl. Kusumawardani III no 37 Semarang.

►REMAJA ISLAM MASJID ANNAWAWI Gayamsari IV / 1

►WITO Agency Jl. Ngesrep Timur no.1 (wartel adi putra) Tembalang. Telp. (024 - 70315410)

►FITRI Agency (Warto) SPBU Gajah Mungkur. Telp. (081228896228)

►PAK MUL Siliwangi (Sebelah Mbok Berek)

►HARIANI Agency Jl. Plampitan 20 Semarang. Telp. (024 - 3541832) ►ERLANGGA Agency Jl. Erlangga Raya 24 semarang. Telp. (024 - 8313405) ►EKO Agency Jl. MT. Haryono (depan gg trengguli) Telp. (024 - 831955 )

►RIFAI Agency Pom Bensin Kalibabon. (024 - 70095713) ►ABDUL RAHMAN Tegal Sari Raya no. 119 (toko mas is). Telp. (024 - 8452855 / 085641557340 )

►TOPAS Agency Jl. Pamularsih (Belakang museum ronggowarsito). Telp. (024 70125273) ►AS’ARI Agency Jl. Sriwidodo Utara no.6 Semarang. Telp. (024 - 7607488) ►ANEKA MEDIA Agency

►KUSAERI Masjid Al Mashuri-Tugu Telp. (024 - 70414663)

►WONDO Agency Jl. Pandanaran 11 ►SUKRO Jl. Pandanaran 30 ►CANDI Jl. Pandanaran 30 ►SURYANTO Simpang Lima ►DARMA Agency Stadion Diponegoro ►AGEN KAB. DEMAK (Kusdoto) ►AGEN KAB. KENDAL (Wahyu Eka) Jl. Ry Gondang No.15 CepiringKendal (Depan Pom Bensin Gondang) Telp. 081390644888, 0294 - 383207 ►AGEN KAB. SALATIGA

►GASEM Agency Semarang

►ABABIL Agency Salatiga

►KUWADI Agency Depan Pasar Mranggen

►EKO Agency Salatiga

►SANIMAN Agency

“HARIAN SEMARANG” DAPAT DIPEROLEH DI AGEN-AGEN TERDEKAT DI KOTA SEMARANG DAN SEKITARNYA

Homosistein dan Menurunnya Kemampuan Kognitif MENJADI tua adalah pasti, yang terpenting adalah bagaimana menjadi tua tapi sehat dan tidak membebani, termasuk di antaranya mencegah terjadinya kepikunan. Menurunnya kemampuan kognitif sering kali dianggap sebagai masalah biasa dan merupakan hal yang wajar terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Padahal, menurunnya kemampuan kognitif yang ditandai dengan banyak lupa merupakan salah satu gejala awal kepikunan. Kognitif adalah kemampuan pengenalan dan penafsiran seseorang terhadap lingkungannya berupa perhatian, bahasa, memori, visuospasial, dan fungsi memutuskan. Kemunduran yang paling dominan ditemui adalah menurunnya kemampuan memori atau daya ingat. Demensia merupakan suatu kemunduran intelektual berat dan progresif yang mengganggu fungsi sosial, pekerjaan, dan aktivitas harian seseorang. Ada satu hipotesis yang menyatakan kepikunan memiliki keterkaitan, baik secara langsung maupun tidak, dengan hiperhomosisteinemia pada lansia. Hiperhomo-sisteinemia adalah berlebihan kadar homosistein dalam darah. Hiperhomosisteinemia

ini berkaitan dengan rendahnya konsentrasi folat, vitamin B12, dan vitamin B6. Pernyataan tersebut berkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh Kaplan et al (2001, 2002) yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition, yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif lansia dapat ditingkatkan dengan pemberian makanan yang terbuat dari karbohidrat lemak dan protein yang dibuat dalam bentuk makanan dan minuman. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Brian et al (2002) pengaruh pemberian suplemen dalam bentuk kapsul yang terdiri dari asam folat, vitamin B12, dan vitamin B6 menunjukkan hubungan yang signifikan terhadap kemampuan mengingat wanita dari berbagai kelompok umur. Sebagaimana diketahui bahwa karbohidrat, protein, serta lemak merupakan komponen gizi yang berperan sebagai makanan otak. Akan tetapi, optimalisasi perannya perlu ditunjang dengan vitamin dan mineral yang berfungsi untuk mengoptimalkan metabolisme komponen gizi tersebut. Sementara kita juga memahami bahwa proses penuaan juga berkaitan dengan menurunnya kemampuan daya cerna. (ifs)


INTERNASIONAL HUKUM & KRIMINAL

77

senin, 15 november 2010 kamis, 12 Januari 2011

Kasus Sritex vs DMDT

Oleh Abdul Mughis

Putusan “Hak Cipta” Mengambang

K

Asus Sritex dengan PT DMDT kemarin berlanjut di Pengadilan Niaga. Namun keputusan Ketua Majelis Hakim dinilai mengambang atau tidak jelas. Sidang putusan gugatan terhadap hak cipta kode “benang kuning” pada tepi kain grey yang diklaim milik PT Sri Rejeki Isman (Sritex),

mengambang. Pasalnya, Pengadilan Niaga memutuskan bahwa keterangan saksi serta bukti yang disodorkan dalam gugatan tersebut dinyatakan diterima. Majelis sidang “hanya” mengacu pada Pasal 5 ayat 2 UU Hak Cipta Nomor 19 tahun 2002. Karena PT Delta Merlin Dunia Tekstil (DMDT) bukan pencipta kode “benang kuning”, maka dinyatakan tidak mempunyai hak untuk

menggugat. Berdasarkan UU tersebut, yang diperbolehkan mengajukan gugatan atas hak cipta adalah pencipta dan pemegang hak cipta. Demikian hasil sidang dibacakan Ketua Majelis Hakim Ifa Sudewi dalam sidang putusan gugatan hak cipta kode “benang kuning” di Pengadilan Niaga Semarang, kemarin. Hasil putusan itupun berakhir “tidak jelas”, artinya tidak ada yang menang/kalah. Kondisi ini dinilai

menguntungkan pihak PT Sritex dan sebaliknya merugikan DMDT. Bahkan Sritex melalui kuasa Hukumnya, Eko Widiarto, justru mengajukan kasasi duluan. “Sangat disayangkan, putusan majelis sidang dalam gugatan ini tidak tegas. Kita yang menjadi pihak dirugikan, tidak ada perlindungan hukum dong,” ucap Kuasa Hukum PT DMDT Turman Panggabean, kemarin.

Turman mengatakan, jika pengadilan “hanya” memutuskan seperti itu, mengapa tidak diputuskan sejak dari awal. Menurutnya, hakim tidak melihat pada penjelasan Pasal 5 ayat 2 UU Hak Cipta Nomor 19 tahun 2002. Dalam UU ini dijelaskan bahwa siapapun yang merasa dirugikan atas hak cipta, bisa melakukan gugatan. “Jadi selain tidak adil, putusan hakim ini lucu dan mengada-ada,” katanya. (gus)

sambungan berita halaman 1 Semarang Theater ...

Dreamland Kerahkan ... Wong yang jaga preman-preman,” tuturnya kepada Harsem yang mengajak ngobrol di rumahnya, kemarin. Di lokasi perusakan, Bambang hanya bertemu Dean Djaya, orang suruhan PT Dreamland yang pada Mei tahun lalu merobohkan pagar dan merusak taman tersebut. Kepada Bambang, Dean mengaku telah meminta izin kepada Lurah Sambiroto dan telah memberitahu warga soal perobohan tembok taman itu. Namun kala Bambang menelepon Lurah Sambiroto Agus Utoyo dan bertanya kepada warga yang hadir maupun seluruh ketua RT, tidak ada yang merasa pernah diberitahu atau dihubungi Dean. Kala Harsem mencoba mengontak Lurah Sambiroto, dia tidak merespon. SMS ke nomor HPnya tidak dibalas. Sementara Bos PT Dreamland, Halim, kepada Bambang Haryoso bersikukuh mengatakan pihaknya telah memberitahu lurah maupun warga. Tetapi dia maupun Dean tidak bisa menunjukkan surat izin atau surat tanda pemberitahuan dari pihaknya. Lantas apa langkah yang akan ditempuh warga?. Bambang Harsoyo telah menghubungi tim advokasi warga yang dipimpin Wahyu Rudy Indarto. Rencananya, nanti malam (Kamis, 12/1) akan digelar pertemuan tim advokasi bersama 17 ketua RT. Bambang akan mengusulkan untuk melaporkan kasus itu ke Polrestabes Semarang dan mengadukan persoalan ke DPRD Kota Semarang. “Besok (hari ini, red) malam tim advokasi warga akan mengadakan pertemuan. Saya akan usul untuk membawa kasus ini ke ranah hukum. Mungkin kami akan melaporkan ke Polrestabes Semarang dan mengadu ke DPRD,” tuturnya. Walikota Turun Tangan Sementara itu, Ketua RW V Sriyanto Saputro mengutuk aksi premanisme PT Dreamland. Pemimpin Redaksi Harian Wawasan ini menyatakan, perusakan kebun gizi milik warga Perumahan Bumi Wana Mukti tela dilakukan berulangkali, dan kemarin adalah

puncaknya. “Kami sangat menyayangkan aksi premanisme PT Dreamland. Cara main bongkar itu sungguh melukai hati warga. Seperti tidak ada hukum saja,” ujarnya. Sriyanto meminta walikota turun tangan dalam perkara itu, sebab sejak Mei tahun lalu Walikota Soemarmo pernah melarang PT Dreamland melakukan aktivitas pembangunan perumahan sebelum persoalan dengan warga beres. Bahkan walikota pernah mengkaji ulang perizinan pengembang tersebut. Menurutnya, aksi yang dikawal preman dan aparat polisi itu sangat tidak pantas, karena terkesan mengangkangi hukum. Dia berencana mengajak rembugan tim advokasi yang telah dibentuk RW IV dan V dan para warganya untuk menentukan sikap. “Arogansi PT Dreamland harus ditangani Walikota. Tak boleh walikota hanya menyuruh camat dan lurah untuk menyelesaikan, sebab pengembang itu telah melanggar banyak hal, baik hukum maupun norma masyarakat,” tandasnya. Lebih lanjut ia mengatakan, PT Dreamland yang akan membangun perumahan di tenah lokasi Bumi Wana Mukti pastilah akan bertemu warga lama setiap hari. Mestinya perusahaan itu bersikap baik dan membina hubungan harmonis dengan warga. Kalau dari awal sudah bermusuhan, maka pasti selamanya akan ada penolakan maupun reaksi negatif dari warga yang berkali-kali disakiti hatinya. Pantauan Hasem di lapangan, sekitar 15 orang masih berjaga hingga pukul 14.00. Sebagian besar mengendarai motor yang diparkir di depan lokasi perusakan taman RW IV. Kendaraan lain berupa satu mobil Toyota Spacio nopol H 705 HI diparkir di halaman depan Masjid Nurul Huda, di seberang tempat pembongkaran. Para pemuda tersebut tidak ada lagi di lokasi pada pukul 14.30. Sepinya penjaga dimanfaatkan beberapa orang untuk mengambili besi-besi sisa tiang beton tembok yang telah dibongkar. Sedangkan para pekerja PT Dreamland terus sibuk membuat pagar seng hingga sore hari. (rif)

Gadaikan 4 Mobil ... Mobil yang digelapkan dengan cara digadaikan itu ada empat unit jenis Daihatsu Luxio dan Daihatsu Xenia. Kini, empat unit mobil tersebut berhasil ditemukan dan diamankan di Polres Salatiga. Kepada Harsem Andri Purwoko menuturkan, kasus ini ‘mbledos’ alias dapat diketahui setelah mobil jenis Daihatsu Luxio nopol H 9357 JB milik Istiyanto (32), warga Gumukrejo, Kutowinangun, Tingkir, Salatiga yang disewa tersangka Andri lalu digadaikan ke seseorang di daerah Grabag, Kabupaten Magelang melalui perantara Arifin, warga Getasan, kabupaten Semarang yang sampai sekarang kabur. Tersangka menyewa mobil ini, namun saat jatuh tempo pembayaran tidak menepatinya. Bahkan korban sudah menagihnya berkali-kali, ternyata mobil itu digadaikan. Ditambahkan bapak satu anak ini, selain Daihatsu Luxio yang digadaikan Rp 15 juta, ada tiga mobil lagi Daihatsu Xenia yang juga digadaikan tersangka ke orang Magelang, Temanggung dan Malang (Jatim). Untuk ketiga mobil itu masing-masing digadaikan di Malang sebesar Rp 20 juta, di Magelang Rp 20 juta, dan Temanggung Rp 10 juta. Total uang gadai keempat mobil itu sebesar Rp 65 juta. “Dari hasil menggadaikan mobil rental ini, uangnya saya pakai untuk membayar cicilan mobil ke salah satu leasing. Saya menggadaikan mobil-

mobil itu melalui jasa perantara Arifin, yang sampai sekarang kabur dan membawa uang gadai mobil. Namun, saya yang justru menanggungnya,” jelas Andri, kemarin. Sementara itu Kasat Reskrim Polres Salatiga AKP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan, penangkapan terhadap tersangka ini berawal dari laporan korban Istiyanto karena mobil miliknya, Daihatsu Luxio, yang disewa tersangka tidak juga dikembalikan dan tidak membayar sewa. Dari laporan ini, akhirnya petugas melakukan penyelidikan dan berhasil mengorek beberapa mobil yang juga disewa tersangka. Selanjutnya, petugas memburu tersangka hingga berhasil ditangkap saat berada di Hotel Ngawen Indah Salatiga. “Keempat mobil itu dapat disita dari Joko alias Bendo, Temanggung (Daihatsu Luxio); Khomarudin, Grabag Magelang (Daihatsu Xenia H 9387 EA); Agus, Malang (Daihatsu Xenia H 8692 KB); dan Sarwo Edy Wibowo, Magelang (Daihatsu Xenia H 9235 KB). Jumlah uang gadai yang digunakan tersangka mencapai Rp 65 juta,” katanya. Akibat perbuatan tersebut, tersangka akan dijerat Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Kini, tersangka mendekam di sel tahanan Polres Salatiga untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (hes/rif)

Saling Serong ... Plendung menolak dengan alasan pihak Telkom tak mungkin membantu kalau tiada persoalan serius seperti tindak kriminal atau korupsi. Jupret lantas diam-diam memata-matai suaminya lewat salah satu rewangnya, sebut saja Fatur. Si detektif segera melapor; Plendung sering didatangi wanita cantik nan seksi di kantornya. Kata Fatur, keduanya mesra jika bertemu di ruang kerja Plendung. Namun setiap ia menginterogasi, Plendung selalu membantah. Kilahnya, Ensa hanyalah rekan kerja yang punya masalah dan Plendung berniat membantunya. Jupret menanggapi dingin dan hatinya yakin suaminya telah berdusta. Keyakinannya terbukti tatkala Fatur menyerahkan foto mesra Plendung dengan Ensa. Jupret benar-benar kesal telah dikhianati. Hatinya hancur. Stres pikirannya karena Plendung mulai jarang pulang. Dan pertengkaran semakin sering terjadi. Dasar orang kaya, Jupret menjadikan diskotik dan café sebagai tempat pelariannya. Keluyuran

malam dan mabuk menjadi kesehariannya kini. Lalu dia bertemu pria sebaya suaminya, bahkan lebih ganteng. Sebut saja Rojul. Keduanya lantas terlibat asmara membabi buta. Tiada hari tanpa kencan kemana-mana. Dan rusaklah rumah tangganya. Baik suami maupun istri kini sama-sama suka serong. Anak-anaknya otomatis jadi korban. Tak lagi mendapat perhatian. Yang mengerikan, Rojul ternyata suami sahabat Jupret yang sering curhat padanya soal perilaku suaminya punya wanita simpanan. Sebut saja namanay Ayu. Bagai disambar petir saat Jupret sekamar dengan Rojul tiba-tiba HP Rojul berdering dan ia angkat. Hampir pingsan dia ketika yang mengajaknya bicara adalah Ayu. Dia langsung pergi mEnsanggalakan Rojul dan berpesan agar Forman tak lagi menghubunginya. Orang tua Jupret menyarankan agar ia menggugat cerai Plendung. Karena sudah setahun tidak memberi nafkah lahir maupun batin. Tapi Jupret tak kuasa melaksanakannya. (ichwan)

Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun sempat menimpa sepeda onthel milik Sukidi yang saat kejadian diparkir di sekitar gedung. Sementara pemiliknya masuk di mal Paragon. “Saat kejadian, cuacanya cerah dan tidak turun hujan atau angin kencang. Tapi tiba-tiba terdengar suara bergemuruh. Kali pertama yang runtuh di bagian depan mengarah ke Jalan Pemuda. Selang sekitar tiga menit kemudian runtuh bagian belakang, disusul bagian samping. Beruntung, tidak ada orang di bawahnya,” kata tukang becak yang mangkal tak jauh dari lokasi kejadian. Reruntuhan berderet dengan rumah makan Istana Wedang, Jalan Pemuda 121 Semarang. Penjaga gedung Darno mengatakan, gedung yang juga disebut Biliard Semarang ini sudah lama mangkrak. “Gedung ini berdiri sejak 1948. Mulai dibiarkan kosong sejak 1993. Sementara pemilik tanah atas nama drg Rosi,” katanya. Dikatakannya, bangunan tua tersebut dulu sangat terkenal dan menjadi ikon Kota Semarang. Tempat tersebut dijadikan pusat kesenian di Semarang, pementasan teater, wayang orang Ngesti Pandowo, pemutaran film dan tempat

hiburan biliar. Namun seiring perkembangan zaman, bisnis bioskop meredup hingga akhirnya mati. “Hingga saat ini dibiarkan kosong dan tak terawat,” katanya. Lurah Kampung Sekayu Agus Priharwanto mengatakan, pihaknya akan menghubungi pengelola agar dilakukan perawatan. Hingga saat ini gedung tersebut dikelola oleh PT Pisang Mas. “Pengelola masih menunggu investor untuk dibangun kembali,” katanya di lokasi kejadian. Pihaknya juga telah melakukan pendataan terhadap aset-aset bangunan cagar budaya yang belum terawat. Sementara ini sedang dikelola oleh Hanintya Agung. Semenjak beberapa tahun lalu mulai ditinggalkan pemiliknya dan hanya ditutup dengan seng mengelilingi bangunan. Selain faktor usia, diduga gerusan air di bawah tanah juga turut memicu ambruknya bangunan tersebut. Hingga sore kemarin, material yang ambruk dibiarkan begitu saja. Di samping kanan-kirinya, warga tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Sekitar 80% bangunan tersebut roboh dan tinggal menyisakan beberapa bagian saja yang masih tegak berdiri. (abm/rif)

4 Ahli Waris ... meninggal dunia kecelakaan di darat dan laut senilai Rp 25 juta, cacat tetap maksimal Rp 25 juta, dan untuk perawatan/pengobatan di rumah sakit maksimal Rp 10 juta, serta biaya pemakaman sebesar Rp 2 juta. Penerima santunan yakni ahli waris korban Sariyem (35), Mujiyatno (47), Wolo (41), dan Sarno (34). Seluruh korban warga Dusun Kaliputih, Desa Polosiri. Masingmasing menerima santunan senilai Rp 25 juta. Menurut Amin, saat ini pembayaran santunan baru kepada empat korban kecelakaan maut yang merenggut lima korban jiwa itu. Sementara santunan untuk korban Ndaru Wisnu Nugroho (26) tidak bisa diserahkan karena istri korban belum melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Pembayarannya baru akan dilakukan setelah semua persyaratan dilengkapi. “Untuk pencairan santunan ahli waris korban Ndaru Wisnu Nugroho masih menunggu kelengkapan persyaratannya,” kata Amin. Ditambahkan Amin, santunan dana kecelakaan lalulintas Ndaru Wisnu Nugroho sesungguhnya bisa dibayarkan kepada ahli waris lainnya, asalkan ada surat kuasa dari istri korban. “Pihak keluarga bisa meminta surat kuasa untuk mengurus santunan. Untuk itu kami sedang upayakan dengan perangkat Desa Polosiri agar santunan korban Ndaru bisa segera kami bayarkan,” tegasnya. Pemberian santunan kepada korban lakalantas, lanjut dia, didasarkan pada UU Nomor 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan UU Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalulintas Jalan. Sedang besaran nominal santuanan didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 36/PMK.010/2008 dan Nomor 37/PMK.010/2008.

Sesuai motto Jasa Raharja yaitu ”Utama dalam perlindungan, prima dalam pelayanan” dan taglinenya ”Jasa Raharja Asuransinya Masyarakat Indonesia” penyelesaian pembayaran santunan korban kecelakaan lalu lintas hanya dalam waktu 2 (dua) hari saja. Hal itu membuktikan bahwa Jasa Raharja selalu berkomitmen untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi yang mengalami kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan lalulintas jalan. Latar belakang tugas pokok dari Jasa Raharja yaitu seiring dengan meningkatnya perkembangan zaman maka meningkat pula kegiatan manusia untuk memenuhi keperluannya. Salah satu diantaranya adalah kebutuhan akan angkutan. Kini semakin mudah orang berpergian dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan cepat. Hampir tidak ada lagi tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh alat-alat angkutan yang terus-menerus meningkat. Pada gilirannya keadaan ini sangat menunjang pertumbuhan pembangunan khususnya di bidang perekonomian. Namun demikian tidak dapat dihindari dampak dari kemajuan tersebut yakni timbulnya kecelakaan-kecelakaan yang diakibatkan kendaraan bermotor penumpang umum serta kendaraan bermotor lainnya. Keadaan ini tentunya sangat memprihatinkan kita semua. Sementara itu Kades Polosiri Ngadimin mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada PT Jasa Raharja (Persero) dan Polres Semarang yang telah membantu mengurus warganya yang menjadi korban kecelakaan lalulintas di Jalan Soekarno Hatta. “Saya harap santunan ini dapat meringankan beban keluarga korban, utamanya dapat dimanfaatkan untuk biaya pendidikan anak-anak mereka,” kata dia. (ino/rif)

Dicekik, lalu ... Banyumeneng, Mranggen, Demak menjadi tontonan warga setempat. Umumnya merela penasaran ingin melihat dari dekat wajah tersangka. Rekontruksi dilakukan di delapan tempat kejadian perkara (TKP) dengan 44 adegan, mulai dari rumah kos Naila Kurniasari di Pudakpayung, hingga adegan terakhir di depan kantor koperasi lingkungan Kodam IV/Diponegoro di Pudak Payung, Semarang. Khusus TKP tiga di Hotel Alam Hijau, rekonstruksi melibatkan seluruh saksi karyawan hotel dalam peragaan sebelum dan sesudah terjadinya eksekusi terhadap korban. Dengan wajah tenang dan runtut tersangka memperagakan satu demi satu adegan. Dimulai saat datang beboncengan sepeda motor dengan korban. Selanjutnya tersangka melakukan pemesanan kamar di resepsionis dan check in di kamar HB-2. Diperagakan juga saat berada di dalam kamar tersangka dan korban membahas persoalan asmara segitiga di antara keduanya. Sedikitnya delapan adegan yang diperagakan di dalam kamar yang melibatkan tersangka dan korban. Yakni mulai dari adegan masuk kamar hingga adegan perang mulut dengan korban. Yang diteruskan adegan keji dimana tersangka mencekik leher korban dan membantingnya ke lantai. Selanjutnya setelah tewas, tubuh korban di seret dan diletakkan di antara dua ranjang. Terakhir, tersangka Yusuf memeragakan bagaimana ia mengambil tas korban dan keluar hotel. Dalam adegan tersebut juga diperagakan bagaimana saksi karyawan hotel, Abdul Aziz, sempat menyapa tersangka saat melewati lobi hotel. Disaksikan Pejabat TNI “Masih hujan kok keluar, Mas?” Yang kemudian dijawab tersangka, “Nggak apa-apa, mau cari makan,” tutur Abdul Aziz menirukan kejadian pascaeksekusi kepada pemimpin acara rekontruksi, Pasi Idik Kapten, CPM Sardjono.

Rekonstruksi kemarin juga disaksikan Kepala Oditur Militer Mabes TNI Kolonel (Laut) Sarwoko, Binkum Kodam IV/Diponegoro, Kapten Abdul Latief, Wakapolres Semarang, Kompol Dodik serta penasehat hukum tersangka dan para penyidik dari Polres Semarang. Secara keseluruhan rekonstruksi memakan waktu hampir lima jam. Selain di Hotel Alam Hijau, rekonstruksi juga memperagakan adegan saat tersangka meminjam sepeda motor Supra X nopol K6861 EH milik Naila Kurniasari, calon istri yang akan dinikahinya. Lalu menuju SPBU Sukun menjemput korban Siti Faizah. Sementara di TKP Alfamart Ungaran, diperagakan tersangka melepas sim card ponsel milik korban, yang kemudian dbuang di Sungai Kaligarang. Selanjutnya tersangka kembali ke rumah kos Naila Kurniasari untuk mengembalikan motor. Peragaan keesokan harinya, Kamis (29/12) tersangka membakar mukena, jilbab, tas dan identitas korban di belakang rumah dinas Wakakumdam IV/Diponegoro di Pudak Payung, Semarang. Dan diakhiri peragaan di komplek markas Komando Daerah Militer (KODAM) IV/ Diponegoro, dimana saat tersangka menitipkan ponsel korban kepada Naila Kurniasari. “Rekonstruksi ini dilakukan di delapan TKP dengan 44 peragaan yang menggambarkan kejadian saat sebelum hingga setelah melakukan pembunuhan. Motifnya, tersangka berniat memutuskan hubungan cintanya pada korban Siti, tetapi terjadi perang mulut yang berujung pada pembunuhan,” terang Komandan Sub Denpom, Mayor Pongki Gasman. Tersangka bakal dijerat pasal 338 jo 351 KUHP tentang pembunuhan, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. “Penyidikan kasus secepatnya akan segera diselesaikan untuk kemudian dilimpahkan ke Oditur Militer,” pungkasnya. (ino/rif)


oase

8

KAMIS, 12 Januari 2012

Buta

KiatEsemka

Syahrini

HAR S

EM/K

PL

Menjadi trendsetter ternyata tak menjamin seseorang selalu mengerti hal-hal yang sedang ngetren. Buktinya, penyanyi ini tak tahu jika Kiat Esemka adalah mobil buatan anak-anak SMK negeri ini.

M

ESKI banyak pihak sudah begitu mengagumi Kiat Esemka, mobil buatan siswa SMK di Solo, bahkan sampai sudah dipesan oleh banyak pejabat tinggi Tanah Air, rupanya penyanyi seksi Syahrini “buta” alias tidak mengetahui berita itu. Saat ditanya soal pendapatnya mengenai mobil berjenis SUV berdaya 1.500 cc rakitan siswa SMK Negeri 2 dan SMK Warga Surakarta itu, dengan santai Syahrini menyebut mobil itu berasal dari Tokyo, Jepang. Bukan dari Jawa Tengah.

“Oh, soal (mobil) yang di Tokyo itu ya?” ujar pelantun Sesuatu ini saat dijumpai di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, kemarin. Mendengar jawaban keliru dari mantan rekan duet Anang Hermansyah ini, wartawan langsung menjelaskan mengenai mobil Kiat Esemka pada Syahrini. Dan setelah mengetahui mobil itu karya siswa SMK Indonesia, Syahrini langsung mengelak dengan singkat. “Oh iya, dari Solo. Yah, aku sih sangat mendukung dan selalu mengapresiasi hasil karya anak bangsa,” kilahnya klise dengan sedikit tersipu. (dnr)

Daus Mini

Disodori Dada Nikita Mirzani HEBOH tersebarnya foto hot Nikita Mirzani, beberapa hari belakangan masih menjadi headline di berbagai media. Kini, lagi-lagi Nikita menjadi sumber berita miring ketika foto syurnya kembali beredar di internet. Kali ini Daus Mini menjadi aktor lain pada foto yang beredar secara cepat tersebut. Dalam foto tersebut tampak kedua tangan Daus berada tepat di buah dada Nikita. Masih belum jelas apakah Daus sengaja mengarahkan tangannya ke payudara Nikita atau justru Nikita yang menyodori dan menarik tangan Daus menuju daerah sensitif tersebut. Namun, Daus punya penjelasan yang mengejutkan. “Iya bener, itu foto waktu syuting film Naik Boleh Pegang Jangan. Lagi seru-seruan aja, waktu itu lagi break, semua pada foto kok, gak aku aja. Di situ juga ada Bopak dan Tigor,” papar Daus, yang mengaku bahwa dalam pose tersebut

dia memang disuruh oleh Nikita. Meski begitu, Daus membenarkan bahwa hanya dirinyalah yang “disuruh” Nikita memegang (maaf) payudara. “Ya, itu cuma aku doang, itu juga disuruh Nikita. Namanya juga rezeki, masak kita tolak? Bukan kemauan saya kok. Istri juga tahu foto itu, waktu itu kita masih pacaran, dia gak masalah. Malah fotonya masih aku simpen,” lanjut selebritas bertubuh mungil yang baru saja dikarunia seorang bayi laki-laki ini. Daus menegaskan bahwa foto itu memang atas kehendak Nikita dan orang-orang yang ada di sana saat itu, dan memang sebatas untuk seruseruan saja. Yang jelas, beredarnya foto syur ini makin mengindetikkan sosok Nikita sebagai “pabrik” foto hot. Sebelumnya beberapa kali foto syur Nikita menjadi konsumsi publik. (dnr)

HARSEM/KASKUS

Rossa

Jualan CD + Ayam Goreng Wanita yang memiliki nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani ini, sejak deregulasi itu diberlakukan, penghasilannya dari RBT terjun bebas hingga tersisa 2% dari nilai akumulasi HARSEM/KPL yang diterimanya perbulan. “Kalau KASUS penyedotan pulsa yang berujung dihitung-hitung, taksirannya bisa dikeluarkannya Surat Edaran Badan Regulasi mencapai angka puluhan juta rupiah,” ujarnya. Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nomor 177/ Hancurnya pendapatan sedrastis itu, membuat BRTI X/ 2011, tentang diberhentikkannya layanan mantan istri Surendro Prasetyo atau Yoyo langganan konten serta iklan yang berbasis jasa --drummer grup band Padi-- ini sempat mengalami SMS premium, termasuk langganan ring back syok berat lantaran harus menerima kenyataan tone (RBT), pada (18/10) lalu, membuat pelaku pahit atas dihentikannya layanan RBT. Hilangnya industri musik Indonesia menjerit. Seperti halnya RBT dari ranah musik Indonesia membuat Rossa yang dialami penyanyi Rossa. sedikit memendam kekecewaan terhadap kebijakan

pemerintah, yang dianggap merugikan musisi dan pelaku bisnis industri musik tersebut. Untuk mengatasi masalah keuangan yang dihadapinya, Rossa terpaksa harus mengikuti jejak Agnes Monica, Sm*sh, dan musisi lainnya. Dengan menjual CD album barunya The Best of Rossa melalui rumah makan cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC). Untuk menyosialisasikan album terbarunya itu, perempuan kelahiran Sumedang, 9 Oktober 1978 ini pun rela melakukan promo albumnya di outlet-outlet KFC di seluruh Indonesia. “Ya, ini pengalaman baru. Itung-itung jualan CD secara langsung sekalian belajar jualan ayam goring. Mudah-mudahan aja lancar,” tutur Rossa di salah satu gerai KFC di Jakarta, kemarin. (dnr)

Lirik Lagu Karya Mendiang Michael Jackson Dilelang

“MIXOUT’Z”,dimeriahkan oleh SQ HOME BAND dan aksi juggling bartender bisa dinikmati mulai 20.00 s/d 03.00,bebas tiket masuk untuk Ladies,dapatkan promo cukup dengan Rp.80.000 nett dapat menikmati SQ cocktail sepuasnya.

LIRIK yang sepertinya belum tuntas itu sekarang dilelang. Konon mendiang Michael Jackson memberikan lirik ini pada Dr Arnold Klein, mantan dokter kulit pribadinya. Diperkirakan, lirik yang belum rampung ini akan terjual sekitar 5 ribu dolar AS. Lelangnya sendiri akan digelar pada 23 Januari mendatang, di Los Angeles, Amerika Serikat. Ada delapan baris lebih yang telah ditulis Jacko, namun tidak dijelaskan apakah lirik ini sudah diberi judul atau tidak. Setelah pihak balai lelang mengadakan riset, lirik ini dipastikan belum pernah dipublikasikan. Bisa jadi Jacko berencana melanjutkan lagu ini, tapi bukan tak mungkin pula dia menganggap lirik ini tak terlalu bagus untuk dilanjutkan. “Sepertinya lirik ini ditulis dalam format puisi. Ada delapan setengah baris dan memang terasa seperti lirik lagu. Sampai saat ini kami tidak menemukan HARSEM/ContACtMU SIC lirik ini dalam lagu-lagunya yang sudah diedarkan. Jadi mungkin ini adalah lirik yang masih dalam proses atau bisa jadi ini lagu yang belum dipublikasikan,” ujar Catherine Williamson dari balai lelang Bonhams. “Lirik ini sangat menarik dan kami berharap bisa menarik banyak perhatian,” lanjutnya seperti diberitakan ContactMusic. com. Catherine memperkirakan, lirik ini akan terjual antara 3 ribu sampai 5 ribu dolar AS (sekitar Rp 27 juta-Rp 45 juta). Ada dugaan kalau dalam lirik ini tersimpan pesan yang menyiratkan kalau Michael Jackson sebenarnya sudah memprediksikan kematiannya sendiri. Dalam lirik itu tertulis, “Across the sea of time, we shall meet on endless shores, counting our blessings of love’s eternity.” (dnr)


AY

KAMIS, 12 Januari 2012

MBANGUN

JAWA TENGAH

Ratusan Petani tembakau temanggung demo Ratusan petani tembakau di Kabupaten Temanggung, belum lama ini melakukan demonstrasi di DPRD Kabupaten Temanggung menuntut Wakil Ketua DPRD Tunggul Purnomo meminta maaf atas pernyataannya yang telah mencederai hati petani. Mereka juga meminta DPRD Kabupaten Temanggung membuat pernyataan resmi bahwa apa yang diutarakan

Pembangunan Jalan Tol Ungaran - Bawen

Terkendala Relokasi SD Oleh hery Priyono Pengerjaan proyek jalan tol semarang-solo seksi II ungaran-Bawen terkendala relokasi bangunan sd Kandangan 2 Bawen yang hingga kini masih tegak berdiri.

P

adahaL, sejak dilakukannya pencanangan mulai dikerjakannya penggalan tahap II tersebut dari pihak pelaksana proyek pernah menyatakan akan membebaskan semua lahan tanah dan bangunan termasuk sekolahan tersebut yang berada di rute pembangunan jalan tol. Namun sampai saat ini, bangunan SD tersebut masih tetap berdiri dan belum ada tempat penggantinya. Ketua Fraksi PAN DPRD Jateng Khafid Sirotudin mengatakan, kegiatan belajar mengajar di SD tersebut menjadi terganggu dengan suara bising dari pengerjaan proyek jalan tersebut. Apalagi untuk murid kelas VI yang sebentar lagi akan mengikuti UAN tentunya tidak akan konsentrasi dalam belajar. “PT Trans Marga Jateng (TMJ) harus secepatnya mencarikan dan merelokasi SD tersebut secepatnya, jangan sampai terlalu lama. Karena kan kasihan anakanak yang belajar di situ jadi terganggu tidak bisa belajar,” ujar Khafid kemarin. tempat Pengganti Politisi yang tergabung dalam Komisi C DPRD Jateng tersebut secara tegas meminta agar pihak TMJ secepatnya mencarikan tempat pengganti yang layak bagi siswa-siswi SD Kandangan 2 tersebut, karena dari para orangtua murid sendiri sudah banyak yang

HARSEM/ISTIMEWA

HARSEM/DOK

Para siswa SD Kandangan 2 Bawen saat berolahraga mengeluh atas terganggunya kegiatan belajar putra-putri mereka. Sementara itu, Danang Atmojo selaku Komisaris TMJ kemarin mengaku akan secepatnya merelokasi tempat SD Kandangan 2 tersebut. Namun begitu, pihaknya tidak bisa memberikan kepastian kapan relokasi tersebut akan dimulai walaupun saat ini, lahan yang akan digunakan sebagai tempat pengganti telah disediakan.

“Relokasi akan dilakukan dalam waktu dekat ini, saat ini sedang dalam proses, mohon doa restunya,” kata Danang tanpa mau menerangkan dimana tempat yang akan digunakan sebagai relokasi SD tersebut. Terpisah, Ketua Tim Pembebasan Tanah (TPT) Waligi mengatakan, relokasi SD Kandangan 2 tersebut masih terkendala belum adanya lokasi lahan pengganti. Lebih jauh dirinya bahkan tidak bisa

memastikan sampai kapan proses pencarian lahan relokasi tersebut selesai. “Sebenarnya sudah ada banyak alternatif lahan pengganti, mulai dari tanah milik penduduk ataupun yang bondo desa, namun dalam prosesnya masih belum ada yang deal. Yang jelas kalau sudah didapatkan lahannya, maka tinggal melakukan lelang proyek konstruksi bangunan SD tersebut,” tukas Waligi saat dihubungi kemarin. (hep/tab)

BKKBN Jateng

Perbarui Mou dengan Muslimat nu untuK meningkatkan jumlah akseptor KB di tahun ini, BKKBN Jawa Tengah terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satu jalinan kerja yang sudah lama terbentuk adalah dengan PP Muslimat Nahdatul Ulama (NU) yang kemudian dilanjutkan Muslimat NU Jawa Tengah. Pembaruan kerjasama dan program kemitraan antara BKKBN Jateng dengan Muslimat NU ini dilakukan dalam pertemuan di kantor BKKBN Jateng kemarin. Ketua Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU (YKMNU) Jawa Tengah Hj Maryam Ahmad menyatakan, kerjasama yang sudah dirintis sejak lima tahun ini dimulai Juli 2007. Ada cukup banyak model kerjasama yang dijalani. “Kerjasama ini berjalan lancar karena BKKBN sangat mensuport program-program kami, mulai dari alat alat kontrasepsi hingga pembinaan bagi keluarga kecil dan pembelajaran kesehatan reproduksi remaja NU,” ujarnya di sela-sela “Pertemuan Koordinasi Pembangunan Kependudukan dan KB Bersama Muslimat NU” di kantor BKKBN Jateng, kemarin. Ditambahkan Ketua Bidang Kesehatan Muslimat NU Jateng Siti Masfufah, pelayanan KB memasuki tahun 2012 akan dimulai saat lahirnya Muslimat NU, yang rencananya digelar awal Januari hingga Maret. “Selama bulan Januari sampai Maret itu kita akan rutin melaksanakan program KB ke daerah-daerah. Perkembangannya Alhamdulillah baik, khususnya mengenai KB dan kesehatan,” tuturnya.

tambah alkon Untuk pelayanan KB dalam keluarga, Muslimat NU melaksanakan berbagai kegiatan di cabangnya yang ada di Jateng. “Memang tujuan kami kegiatan ini adalah untuk Muslimat NU, namun dalam pelaksanaannya seluruh masyarakat umum pun mengikuti, dan dari tahun ke tahun meningkat, karena dukungan dari BKKBN juga terus meningkat. Kami juga mendapatkan penambahan alat kontrasepsi ataui alkon secara gratis mulai dari 2011,” ujarnya. Kepala BKKBN Jawa Tengah Sri Murtiningsih menyatakan ada tiga kesepakatan di dalam kerjasama yang sudah terjalin, yaitu tentang penyampaian informasi dan advokasi tentang KB HARSEM/LISSA FEBRINA lewat media pengajian. Suasana “Pertemuan Koordinasi Pembangunan “Yang kedua tentang pelayanan KB yang Kependudukan dan KB Bersama Muslimat NU” di juga di bantu oleh Muslimat NU yang tahun Kantor BKKBN Jateng ini diselenggarakan serentak di 35 cabang, khususnya bagi warga miskin sedangkan yang terakhir pembelajaran usaha produktif,” ujar secara nyata. Murtiningsih. “Program KB di Jateng ini khususnya bisa berhasil Selain itu BKKBN Jateng juga memberikan dan sampai ke masyarakat luas, melalui organisai pemantauan secara bersama dengan instansi keagamaan. Semua pihak harus mengatakan KB adalah pemerintah lainnya. Agar program KB yang menjadi suatu kebutuhan oleh masyarakat atau keluarga itu kunci utama peningkatan mutu SDM mampu terealisasi sendiri,” tandasnya. (lif/tab)

Jalan Beton diresmikan, Petani Gembira sEtELah jalan penghubung antara Dukuh Mojosimo dengan Dukuh Mojosimorowo dicor beton bertulang, petani langsung merasakan manfaatnya. Semula biaya transportasi sangat tinggi karena harus dilangsir atau dipikul, sekarang truk bisa langsung ke lokasi sawah. Jalan antardukuh itu di Desa Mojosimo, Gajah, semula jalan tersebut becek dan mathol, angkutan berat tak bisa melintas. Untuk mengangkut hasil bumi, para petani harus mengeluarkan biaya ekstra. “Sejak panen awal Januari ini, petani langsung merasakan manfaat jalan beton bertulang,” kata Kades Mojosimo Sukarmin Hasanudin, ketika menyambut kedatangan pejabat Pemkab Demak dan Muspida dalam peresmian jalan Karya Bhakti Sengkuyung VII, kemarin. Kades Mojosimo mewakili warga mengucapkan terimakasih atas bantuan jalan dari program yang digelar Kodim 0716/Demak itu. Saat ini harga gabah petik di sawah Rp 20 juta per bahu atau

Rp 4.000 per kg. Sukarmin berharap peningkatan hasil dapat mendorong kesejahteraan warga dan pembangunan desa. Bukan Kendala Mewakili Bupati Demak, Sekda Poerwono Sasmito mengakui ketika datang ke Mojosimo, melihat jalan-jalan sudah dibetonisasi. “Demikian makna pembangunan bagi Bupati, ketika masuk desa terasa di kota, dan semua jalan tidak ada yang mathol,” ungkapnya. Kondisi banda desa kecil bukan sebuah kendala membangun desa, selama warga dan pemerintahan desa saling bahu-membahu. Selama ini program jalan beton bertulang untuk ruas jalan kabupaten telah mencapai 74% dari panjang ruas jalan 319,99 km, sedangkan pembangunan jalan antardesa masih seperempat dari panjang 935,27 km. Dari upaya Karya Bhakti atau program lain, pemkab terus memotivasi budaya

HARSEM/SUKMA WIJAYA

Pejabat di Demak saat menunjukkan hasil panen petani Mojosimo gotong-royong yang mulai memudar. Pasiter Kapt Inf Donny FV mewakili Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arm Ruly Chandrayadi melaporkan, pelaksanaan Karya Bhakti di Desa Mojosimo membeton jalan sepanjang 720 meter dengan lebar jalan 2,5 meter

dari anggaran APBD Demak Rp 300 juta, dan swadaya desa Rp 50 juta. “Pelaksanaan Karya Bhakti sangat disengkuyung warga yang bahu-membahu menyumbangkan tenaga dan materi untuk pembangunan jalan beton bertulang ini,” tegasnya. (Sukma Wijaya/tab)

Tunggul di media massa bukan atas nama lembaga DPRD melainkan pribadi. Massa juga meminta DPRD mendukung setiap aksi dan perjuangan petani dalam menentang RPP tembakau. Sebelumnya, Tunggul menyatakan bahwa demo petani tembakau memprotes RPP Tembakau tidak efektif dan rawan ditunggangi kepentingan kelompok tertentu. (tab)

Jateng tuan Rumah Forum dialog agama Internasional KEMBaLI Jateng menjadi tempat penyelenggaraan acara berskala internasional. Rencananya, pada 1115 Maret mendatang Kota Semarang berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum dialog kerukunan umat beragama dunia. Gubernur Jateng Bibit Waluyo saat memberikan keterangan kepada pers, kemarin di kantor gubernuran mengaku sangat senang Jateng diberikan kehormatan sebagai tempat perhelatan kegiatan yang dihadiri perwakilan dari berbagai negara, seperti negara-negara ASEAN, Australia, New Zealand, dan Papua Nugini. “Merupakan kehormatan bagi Jateng karena dipercaya mengadakan event-event internasional. Apalagi dialog antarumat beragama ini merupakan titik balik positif agar masyarakat kembali ke falsafah Pancasila. Sehingga kerukunan antarumat beragama bisa diimplementasikan,” tukas gubernur. Dengan adanya perhelatan tersebut, gubernur mengajak serta segenap masyarakat Jateng, utamanya Semarang, untuk sama-sama menciptakan suasana aman dan damai serta mendukung suksesnya penyelenggaraan acara tersebut. “Acara Regional Interface Dialog ini mengagendakan pembahasan bagaimana memperkuat dan memberdayakan masyarakat dalam mempromosikan keamanan dan kedamaian lewat dialog antaragama. Dihadiri sekitar 300 peserta dari berbagai negara yang terdiri dari tokoh agama, akademisi, pejabat, dan media,” ungkap Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri AM Fachir. Selain dialog, para peserta nantinya juga akan berkeliling ke sejumlah pesantren, vihara, dan tempat peribadatan lainnya di Jateng dalam rangka kunjungan religi. Dan terakhir, dari hasil dialog tersebut diharapkan bisa diwujudkan program kongkret kegiatan kerjasama maupun kontribusi kegiatan dialog yang sama di negara lain. HARSEM/DOK (hep/tab)

Bibit Waluyo

sMK harus didukung anggaran Lebih Besar

Mobil Kiat Esemka

KaLanGan DPRD Jateng menyambut baik pencapaian siswa-siswi SMK se-Jateng yang saat ini sudah mampu memperlihatkan hasil dengan sanggup merakit kendaraan sendiri. Oleh karena itu, ke depannya potensi yang ada tersebut sudah seharusnya bisa didukung dengan alokasi anggaran yang lebih besar ke SMK. “Mereka (siswa SMK) memiliki potensi riil yang sangat besat, apalagi saat ini sudah mampu membuat mobil dan lainnya. Oleh karena itu sudah sewajarnya jika potensi tersebut didorong, terutama untuk alokasi anggaran,” kata Anggota Komisi E DPRD Jateng Bambang Wahyono, kemarin. Dirinya mendesak Dinas Pendidikan (Disdik) Jateng untuk merubah strategi alokasi anggaran untuk mendorong perkembangan SMK. Menurutnya dukungan anggaran untuk SMK tahun ini diharapkan bisa lebih besar dibandingkan anggaran untuk SMU. Selama ini anggaran untuk SMU adalah 70 persen dan SMK 30 persen, maka untuk 2012 ini diharapkan SMK bisa menerima anggaran lebih besar di luar SMU rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). “Tidak tertutup kemungkinan nantinya SMK akan menjadi lebih berkembang lagi dan menjadi sekolah idola masyarakat untuk mengenyam pendidikan, apalagi dengan pencapaian hasil yang diraih para siswa-siswi SMK belakangan ini,” imbuhnya. Bambang menambahkan, dengan mencuatnya prestasi SMK Surakarta yang belum lama ini mampu merakit kendaraan yang tidak kalah kualitasnya dari kendaraan lain, dipastikan akan menjadi pemicu masyarakat untuk membanjiri penerimaan siswa baru SMK pada Juni mendatang. Para lulusan SMP diperkirakan akan banyak tertarik untuk mendaftar masuk SMK ketimbang melanjutkan mendaftarkan SMU. “Para lulusan SMP yang ingin mendapatkan keterampilan siap pakai pasti lebih tertarik mendaftar ke SMK ketimbang mendaftar ke SMU. Maka dari itu sedari sekarang, Disdik bisa memberikan perhatian pada pengembangan SMK secara lebih serius,” pungkas Bambang. (hep/tab)


kamis, 12 Januari 2012

harian semarang

AGAM

pok kePSIS

Kisruh PSSI

JAGA KONDISI

harian Kongres KPSI akan semarang Undang FIFA

4

UKUM & KRIMINAL

TARIK menarik antara dua kubu sepakbola semakin panas. Setelah hasil proses verifikasi yang dilakukan PSSI terhadap legalitas berkas pendukung KLB yang digelar KPSI diragukan, kubu KPSI menegaskan hal itu tidak akan memengaruhi rencana kongres tersebut. Ketua Pengurus Provinsi PSSI Jatim La Nyalla Mattalitti mengatakan bahwa pengurus PSSI sudah tidak memiliki kewenangan mengambil kebijakan setelah keluarnya mosi tidak percaya dari 452 anggotanya. “PSSI sudah kehilangan kewenangan setelah ada mosi tidak percaya dari anggotanya. Hanya AFC atau FIFA yang berhak melakukan verifikasi tersebut,” katanya. Sekretaris Forum Pengprov PSSI Johar Lin Eng menjelaskan, meskipun KPSI bukan institusi di bawah federasi baik PSSI maupun AFC dan FIFA, namun legitimasi dari mayoritas anggota yang menginginkan KLB menjadi kekuatan. “KPSI memiliki kekuatan dari anggota PSSI resmi. Mereka adalah pemilik sah PSSI. Kongres nanti tetap dilegalkan karena ini pergerakan anggota, bukan non anggota,” katanya. Menurut Johar, pihak KPSI selama ini hanya bisa memberikan laporan ke FIFA tanpa bisa meminta tanggapan. Namun, pada saat kongres tahunan yang digelar 21 Januari nanti, KPSI akan mengundang perwakilan AFC dan FIFA. Soal verifikasi anggota yang mengajukan KLB juga akan merujuk ke FIFA. Sementara itu, penolakan KLB diperkuat saat PSSI menggelar rapat komek. Ketua Umum PSSI Djohar Arifin mengatakan, Komite tak sepakat dengan alasan penyelenggaraan KLB dengan berdasar pada sikap federasi sepak bola dunia (FIFA) dan regional (AFC). Menurut Djohar, jika PSSI melakukan pelanggaran seperti yang dituduhkan oleh KPSI dan sejumlah klub, FIFA dan AFC tentu sudah bersikap. “Sesuai statuta, penyelenggara KLB adalah PSSI dengan mendapat persetujuan dari Exco. Jadi, tidak benar kalau pihak lain yang menggelar KLB,” tegasnya. (wig/twu)

harian semarang

ITIS

harian semarang

LWALKOT Khusnul Yakin cs terus melakukan persiapan jelang menjamu PSIR Rembang, meski harus berpindah-pindah tempat latihan

Oleh Wikha Setiawan Meski harus berpindahpindah tempat latihan, skuad PSIS tetap berusaha fokus menjaga kondisi jelang pertempuran kontra PSIR.

P

SIS masih mengalami kendala soal lapangan dalam menjalani persiapan menghadapi PSIR Rembang di Stadion Jatidiri, Sabtu (14/1). Tim racikan Edy Paryono ini harus pindah tempat latihan di Lapangan Terang Bangsa atau

Stadion Citarum tanpa jadwal yang pasti. “Sementara ini kami menggunakan alternatif Terang Bangsa dan Citarum untuk menjalani persiapan. Sampai saat ini Jatidiri belum bisa digunakan karena suatu hal,” ujar Edy Paryono usai melatih di Stadion Citarum, kemarin sore. Kendati demikian, EP begitu sapaannya, mengaku tidak mau ambil pusing menanggapi situasi tersebut. Ia tetap memberikan menu-menu latihan sesuai agenda yang telah dipersiapkan. “Terpenting masih bisa latihan. Ya, dimanapun tempat, secara teknis menu latihan masih sama sesuai yang diagendakan,” lanjutnya. EP menegaskan, pelatih harus bisa bekerja secara profesional, terutama

menghadapi situasi sulit seperti kesulitan mencari lapangan untuk latihan. Eks arsitek Semarang United ini tetap fokus untuk menjaga kondisi para pemainnya. “Seperti biasa, tak ada rotan akarpun jadi. Ya, memanfaatkan yang ada lah,” cetus EP. Sementara, Manager Teknik Maryanto menambahkan, perpindahan tempat latihan ini untuk menjaga kondisi Stadion Jatidiri sebagai medan pertempuran versus PSIR nanti. Mengingat seringnya hujan yang mengguyur Kota Semarang dan sekitarnya, akhir-akhir ini. “Kami ingin Jatidiri bisa terjaga sampai pertandingan melawan PSIR. Kalau digunakan latihan bisa jadi Jatidiri bisa rusak, dan kami tidak ingin kena sanksi karena laga tersebut disaksikan PSSI pusat,” celetuknya.

Rekrutan Baru Terkatung-katung DUA rekrutan baru PSIS hingga kini belum juga mendapat kejelasan status. Meski sudah mendapat lampu hijau dari manajemen, Feri Liga Saputra dan Ikhwan Wicaksono belum disodori lembar kontrak secara resmi. Padahal, mantan pemain Mitra Kukar dan Semarang United tersebut diharapkan bisa merumput saat timnya menjamu PSIR Rembang di Stadion Jatidiri, Sabtu (14/1). Mengingat kompetisi Divisi Utama Liga Prima Indonesia sudah memasuki pecan ketiga. “Paling lambat besok (hari ini) mereka sudah resmi membela PSIS. Kami juga berharap mereka bisa main saat melawan Rembang,” ujar Manajer Teknik Maryanto saat menemani latihan di Stadion Citarum, kemarin. Feri Liga Saputra yang berposisi sebagai gelandang bisa membantu sector tengah, mengingat hingga saat ini Simone Quintierri masih mengalami sakit dan absen latihan di beberapa hari ini. Meskipun pelatih Edy paryono belum memastikan pemain yang akan merumput nanti. “Kami berharap semua dapat segera selesai, supaya mereka berlatih juga enak tanpa beban memikirkan nasibnya,. Sebenarnya sudah beres, tinggal menunggu

HARSEM/INDRA PRABAWA

Pemain Asing Nyasar Ada fenomena menarik saat PSIS harus mondar-mandir Citarum-Terang Bangsa untuk menjalani latihan. Salah satu legiun asing Vitor Borges de Souza terpaksa telat karena kesasar tidak tahu rute ke Citarum, kemarin. “Memang ada pemain yang terlambat, terutama pemain asing. Mereka belum paham betul Semarang, termasuk jalan menuju Citarum,” kata EP. Ditambahkan, keterlambatan pemain asing tersebut karena perpindahan tempat latihan pemberitahuannya mendadak. Ia berharap hal ini bisa segera diantisipasi suapay tidak terulang lagi. “Kami maklumi, tapi besok kami harap tidak terulang lagi,” tuturnya. (twu)

16 8

Seleksi Timnas U-21

Kukuh Angkat Koper

HARSEM/INDRA PRABAWA

Feri Liga Saputra (kanan) masih menunggu sodoran kontrak dari manajemen PSIS tandatangan pak Novel saja,” lanjut Maryanto. Seperti yang sudah diberitakan, kedua pemain tersebut mendapat peretujuan manajemen dan tim pelatih setelah

10 5

cukup lama menjalani seleksi dan latihan bersama Donny Siregar cs, sebagai ganti Johan Ibo yang hengkang sebelum kick off berlangsung, November lalu. (wse/twu)

DUA puluh lima pemain timnas U-21 telah diumumkan. Striker muda PSIS Kukuh Pramuyudha yang mengikuti seleksi kalah bersaing dengan deretan pemain dari klub LPI lainnya. Di pos striker, pelatih Widodo C Putro memilih Miko Ardiyanto (Persebaya), Yosua Pahabol (Semen Padang), Andik Vermansyah (Persebaya), Husin J. Rahaningmas (Persemalra Tual), I Made Dwi Arya Dana (PSM). Namun, 25 pemain ini akan diseleksi untuk diciutkan menjadi 18 pemain yang akan berlaga di Hasanah Bolkiah Trophy pada 25 Februari hingga 5 Maret 2012. Seleksi difokuskan pada Sport Science dan kemampuan fisik. PSM Makassar, paling banyak menempatkan pemainnya di Timnas U-21 yang diproyeksikan turun

pada turnamen Piala Hassanal Bolkiah di Brunei Darussalam, 25 Februari hingga 5 Maret nanti. Kelima pemain PSM Makassar yang berpeluang besar berangkat ke Brunei Darussalam adalah Anugrah Agung Rosyam (belakang), Achmad Hisyam (stoper), Fadly M (tengah), Kurniawan (tengah) dan I Made Dwi Arya Dana (depan). “Pemain ini adalah hasil seleksi mulai tanggal 7-10 Januari kemarin. Mereka akan segera di sentralisasi dengan fasilitas yang memadai,” kata Koordinator Timnas Bob Hippy. PSSI juga tak mengikutkan pemain-pemain yang berasal dari klub LSI. Dua puluh pemain lainnya berasal dari beberapa klub Indonesia Premier League (IPL), Divisi Utama, Divisi I-III serta dari Diklat Ragunan dan PON Jatim. (wig/twu)

HARSEM/INDRA PRABAWA


SP RT AGAM

kamis, 12 Januari 2012

ANCAMAN UKUM & KRIMINAL ULAR BESAR kembali masuk dalam bursa kandidat peraih scudetto musim ini. Kebangkitan Inter tentu saja menjadi ancaman bagi Juve, Milan, maupun Udinese. Pelatih Juve Antonio Conte pun mengungkapkan ‘ketakutannya’ pada skuad Claudio Ranieri. Menurutnya, Inter memiliki skuad yang lebih lengkap disbanding pasukannya. “Dalam pandangan saya, setelah AC Milan, Inter adalah tim yang memiliki skuad terbaik dalam pengejaran titel juara. Mereka memiliki tim terbaik setelah Milan, setelahnya baru Juventus dan kemudian tim lain,” sahut Conte seperti dikutip dari ESPNStar. Inter punya kesempatan memangkas jarak, jika mereka mampu memenangi derby della Madonnina kontra AC Milan, akhir pekan ini. Pertempuran dengan rival sekota ini bakal menjadi kunci perjalanan Nerazzurri dalam perburuan scudetto. Andai kalah, peluang mereka bakal makin menipis. ***

harian semarang

16

harian semarang

8

Rs

P LWALKOT

ERSAINGAN perburuan scudetto Serie A musim ini tak lagi hanya milik AC Milan dan Juventus. Kini, juara musim 2009/2010 Inter Milan pun mulai mengintip dari peringkat keempat dengan grafik terus menanjak. Kiprah Inter Milan musim ini tidaklah istimewa. I Nerazzurri sempat mengalami periode terburuk ketika gagal menang di lima partai pada awal musim dan berbuntut pada pemecatan allenatore Gian Piero Gasperini. Juara Liga Champions 2010 ini mengalami krisis sehingga terdampar di papan bawah dan tertinggal dalam perburuan poin dengan AC Milan maupun Juventus. Ditambah cedera pemain-pemain pilar dan belum menyatunya rekrutan anyar semakin melengkapi derita Si Ular Besar. Namun, sejak kedatangan Claudio Ranieri, performa Wesley Sneijder cs perlahan mulai stabil. The Tinkerman—julukan Ranieri— mampu memaksimalkan kemampuan para armada Nerazzuri. Eks pelatih AS Roma, Juventus, Valencia, dan Chelsea ini melakukan pembenahan untuk mengembalikan Inter ke habitat asalnya. Hasilnya mulai terlihat di akhir tahun lalu. Sejak dibekap Udinesi 0-1 di awal Desember, Ranieri sukses membawa pasukannya memenangi empat partai berturut-turut. Terakhir, Parma dihajar dengan skor telak 5-0 di Giussepe Meazza, akhir pekan lalu. Setelah sempat terjerembab di peringkat ke-16 pada Oktober lalu, kini Il Biscione sudah nangkring di trap kelima dan hanya terpisah delapan angka dari Milan dan Juve. Itu artinya, skuad Biru Hitam

DERBY della Madonnina baru bergulir akhir pekan ini. Namun, tensi kubu AC Milan dan Inter Milan sudah meninggi. Carlos Tevez lah yang menjadi biang memanasnya situasi menjelang derbi Milano itu. AC Milan dikabarkan berada di posisi terdepan untuk mendapatkan Carlos Tevez dari Manchester City dan mengklaim sudah mencapai kesepekatan personal dengan sang pemain. Namun, Citizens sejak awal menegaskan hanya akan melepas Tevez secara permanen, sementara Rossoneri bersikeras meminjamnya selama enam bulan dengan opsi mempermanenkan status di akhir musim, dengan syarat jumlah pertandingan yang dilakoni Tevez bersama Milan. Di tengah alotnya negosiasi Milan dan City, Inter Milan dikabarkan mencoba merusak rencana Milan. I Nerazzurri bahkan bersedia memenuhi permintaan Citizens, yakni memboyong Tevez secara pemanen. Setelah cukup lama bungkam, Inter akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi terkait negosiasi transfer Tevez. “Ketertarikan kami terhadap Tevez nyata, ini bukan lelucon. Kami pikir ini bisa menjadi kerja sama yang bagus,” kata presiden Massimo Moratti kepada fcinternews.it. “Kami mencoba mendapatkan informasi (dari City) untuk memahami bagaimana proses ini berjalan, masih ada kesempatan atau tidak (untuk kami), kemudian kita akan lihat apakah kami bisa mendapatkannya atau tidak,” lanjut Moratti. Sang Presiden sudah mengirim Direktur Olahraga Marco Branca untuk membuka pembicaraan dengan kubu City. Nerazzurri dikabarkan bakal meminjam Carlitos dan siap menggelontorkan dana 27 juta euro untuk memermanenkan bomber Argentina itu di akhir musim. “Ini bukan masalah optimistis atau pesimistis, tapi hanya tungu dan lihat apa yang terjadi. Masih ada 20 hari hingga akhir bursa transfer, masih banyak waktu,” pungkasnya. Wah, derby della Madonnina bakal makin panas saja. (twu)

/Reute

Inter Milan mulai menggeliat setelah terseok-seok di awal musim. Tiga kemenangan beruntun memberi sinyal Il Biscione (ular besar) kembali lapar.

115

Tevez Panaskan harian Derby dellasemarang Madonnina 4

haRsem

RITIS

Oleh Tri Wuryono

harian semarang

Diego Milito

Carroll Balik ke Newcastle

haRsem/ReuteRs

ANDY Carroll mencuat sebagai ‘bintang’ di Inggris. Bukan lantaran penampilannya yang sejauh ini masih memble, tapi rumor bakal didepaknya striker 23 tahun ini dari skuad Liverpool. Media-media di Negeri Ratu Elisabeth, kemarin ramai-ramai memberitakan Carroll yang dikabarkan akan dipulangkan ke klub lamanya Newcastle United. Seperti yang diklaim oleh the Daily Mail dan The Sun pada hari Rabu (11/1) menyatakan bahwa kubu the Magpies bersedia untuk mendatangkan kembali penyerang internasional Inggris tersebut. Kedua surat kabar tersebut mengklaim bahwa The Magpies bersedia menawarkan biaya sebesar 10 juta pound untuk memboyong kembali Carroll. Sejak diboyong The Reds awal tahun lalu, Carroll tak jua menunjukkan performa menawang. Kiprah apik Carroll di Newcastle tak tercermin saat dirinya membela The Reds yang menebusnya seharga 35 juta pound. Dari 25 laga, Carroll hanya sanggup menyumbang empat gol. Mungkin, karena itulah pelatih Kenny Dalglish kerap menempatkan Carroll

di bench Si Merah. Sejauh ini kedua kubu sama-sama membantah rumor transfer Carrol. “Itu benar-benar omong kosong. Tak ada kebenaran di dalamnya,” sahut pernyataan resmi Liverpool seperti diberitakan Soccernet. Manajer The Reds Kenny Dalglish sudah berulang kali menegaskan bahwa masa depan Carroll tetap berada di Merseyside. Bantahan terhadap peluang transfer Carroll juga datang dari kubu The Magpies. Namun, niat King Kenny untuk mendatangkan striker anyar di bursa transfer kali ini, memberi sinyal bahwa kepergian Carrol dari Anfield tinggal menunggu waktu. Setelah menyatakan ingin memboyong striker Aston Villa Darren Bent, Liverpool dikabarkan turut meramaikan perburuan striker Chelsea Solomon Kalou. Berdasarkan kabar dari talkSPORT, Kenny Dalglish selaku manajer Liverpool, melihat Kalou sebagai alternatif jika gagal mendapatkan Darren Bent yang dibanderol 25 juta pound oleh Aston Villa. Kalou dipandang lebih berguna karena bisa dimainkan sebagai second striker ataupun sayap. (twu)

Liga Spanyol Terkuat di Dunia

haRsem/ReuteRs

TAHUN 2011 benar-benar milik Spanyol. Setelah Messi dan Pep Guardiola dianugerahi sebagai yang terbaik, kali ini giliran La Liga yang mendapat gelar sebagai liga terkuat di 2011 versi IFFHS (Federasi Internasional Sejarah dan Statistik

Sepakbola). Dikutip dari situs IFFHS.de, Liga Spanyol menempati urutan teratas dengan perolehan 1.194 poin, atau unggul 91 poin dari Premier League yang ada di bawahnya. Penghargaan ini adalah yang

kedua berturut-turut Liga Spanyol dinilai sebagai yang terkuat setelah tiga tahun sebelumnya didominasi oleh Liga Inggris. Liga Jerman atau Bundesliga hanya menempati urutan keenam dengan perolehan 880 poin, di bawah Liga Brasil, Liga Portugal dan Liga Prancis. Yang cukup mengejutkan adalah Liga Italia yang cuma ada di urutan ketujuh terbaik dengan nilai 873 poin diikuti oleh Liga Argentina dan Liga Belanda. Padahal di tahun sebelumnya Serie A menempati peringkat ketiga. Liga Jepang jadi yang terkuat di Asia dengan menempati peringkat ke-25, lebih baik dari MLS yang hanya menduduki peringkat 32 dengan 447 poin. Sementara Liga Singapura menjadi yang terkuat di Asia Tenggara dengan berada di peringkat 53 dengan 331 poin disusul Thailand di urutan 60 dengan 318,5 poin. Liga Indonesia, yang masih amburadul bertengger di urutan 73 dengan 266,5 poin selisih satu angka dari Liga Australia di atasnya. Namun, Liga Indonesia masih lebih

baik dari Liga Vietnam di urutan 82 dan Liga Malaysia yang jauh ada di peringkat 91. Rangking dari liga terkuat ditentukan IFFHS setiap tahunnya yang dimulai dari 1991 dengan berdasar hasil dari klub di kompetisi nasional dan internasional (kompetisi konfederasi dan FIFA). (twu)

haRsem/ap

Copa Del Rey

Benzema Loloskan Los Blancos SEBUAH gol Karim Benzema di menit 78 di leg kedua Copa Del Rey kontra Malaga, Rabu (11/1) dinihari WIB membawa Real Madrid melaju ke babak perempatfinal. Los Blancos lolos dengan agregat 4-2. Memegang keunggulan 3-2 dari leg pertama, Madrid sedikit bermain hati-hati di awal-awal pertandingan meskipun memegang penguasan bola nyaris 80 persen. Sementara itu Malaga yang hanya butuh satu gol mencoba mengurung pertahanan Madrid. Praktis tak banyak peluang berbahaya yang dihasilkan kedua tim di babak pertama pertandingan yang dihelat di La Rosaleda itu. Semenit sebelum jeda babak pertama, Sergio Ramos coba mencetak gol. Tapi sundulannya masih belum mengarahkan bola tepat sasaran dan hanya menyamping. Pada menit ke-64 Madrid memperoleh peluang emas pertamanya di laga ini. Crossing Lassana Diarra menemui Cristiano Ronaldo yang berdiri bebas di kotak penalti dan melepaskan tandukan, tapi bola masih bisa ditepis Willy Caballero. Baru tiga menit menjejak lapangan menggantikan Gonzalo Higuain, Benzema sudah berhasil membobol gawang Caballero di menit 71. Diawali umpan Mesut Oezil ke kotak penalti, Benzema meneruskan dengan sepakan mendatar ke arah gawang. Caballero sebenarnya mampu menangkap bola yang bergulir pelan, namun tiba-tiba si kulit bundar terlepas dan malah masuk ke dalam gawang. Di menit 88, Madrid harus bermain minus Alvaro Arbeloa yang diusir keluar lapangan akibat menerima kartu kuning keduanya. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai dan Madrid lolos ke perempatfinal dengan agregat total 4-2. Mereka menunggu pemenang partai antara Barcelona dan Osasuna. (twu)

Daftar Peringkat Liga Terkuat 2011 versi IFFHS Peringkat

Negara

Poin

1.

Spanyol

1.194,0

2.

Inggris

1.103,0

3.

Brasil

889,0

4.

Portugal

886,0

5.

Prancis

883,0

6.

Jerman

880,0

7.

Italia

873,0

8.

Argentina

840,0

9.

Belanda

791,5

10.

Cili

741,5

73.

Indonesia

266,5 haRsem/getty images


pendidikan

12

KAMIS, 12 Januari 2012

Sekolah Ambruk, Siswa Belajar di Garasi Oleh Sukma Wijaya

SMKN 2 Kendal Rakit Truk Engkel

Sudah dua pekan, siswa SDN Mojosimo belajar di garasi sepeda. Pasalnya, bangunan sekolah bekas SD Inpres itu ambruk.

SMK Negeri 2 Kendal telah mulai melakukan perakitan 12 truk engkel. Pada dua pekan pertama ini, baru dua unit yang diselesaikan. Diharap truk produksi siswa SMKN 2 ini bisa bersaing di pasaran. Menurut salah satu pengajar SMKN 2 Kendal, Siswanto, pihaknya baru kali pertama ini memproduksi truk engkel. Biasanya, siswa hanya diajari cara merakit dan memperbaiki mesin saja. “Harapannya, truk produksi kami bisa bersaing dipasaran dan banyak peminatnya,” kata Siswanto. Ia menambahkan, pihaknya butuh waktu sepekan untuk merakit mesin ke dalam bodi. Diharap, pekan depan dua unit truk engkel ini sudah selesai dirakit. “Kalau sudah selesai, kami akan melakukan test drive,” akunya. Siswanto menjelaskan, kesulitan utama merakit truk engkel ini adalah pemasangan kabel-kabel. Sebab bila pemasangannya salah, mesin tidak berfungsi. Untutk itu diperlukan ketelitian. Ia menambahkan, truk engkel yang diproduksi, bahannya didatangkan dari Cina. Baru datang dua dan sisanya, akan tiba kemudian. Dana untuk merakit truk merupakan bantuan dari pemerintah pusat. “Kami harap, setelah selesai dua unit ini, sisanya langsung datang,” ujar Siswanto. Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Ani Kasiyani, mengatakan prestasi ini merupakan kebanggaan nasional. Untuk itu perlu adanya motivasi sehingga bisa berkembang. “Sebagai warga Kendal, saya bangga dengan anak-anak SMKN 2 Kendal. Mereka butuh dimotivasi dari berbagai pihak,” kata Ani. (ono/nji)

A

KIBAT atap gedung sekolah ambruk, sejak 14 Desember 2011 lalu, ratusan siswa SD Negeri Mojosimo Kecamatan Gajah Kabupaten Demakk, harus belajar di garasi dan mushola. Kondisi ini disebabkan belum adanya bantuan untuk rehab gedung sekolah. Beruntung Kepala SD Mojosimo, Munarti segera memindahkan tempat belajar satu minggu sebelum ambruk. Sehingga saat atap roboh tidak ada siswa berada di di dalamnya. “Untungnya kami sudah memindahkan semua siswa. Mereka belajar di Madrasah Sabihul Huda,” akunya kepada Harsem, kemarin. Menurut Munarti, atap gedung yang memanjang itu ambruk meliputi ruang kelas I, II, III, ruang guru, tiga WC, dan Dapur sekolah. Namun setelah kelas I, II, dan III dipindah belajar di ruang kelas Marasah Sabihul Huda yang tidak jauh dari sekolah, dirinya menjadi was-was. Selain siswa jauh dari pantauan guru, ketika jam istirahat banyak siswa bermain ke sawah. Dari kekawatiran itu, dua minggu lalu, para guru sepakat menggunakan garasi sepeda untuk ruang kelas I, II, dan kelas III. serta memakai mushola untuk ruang belajar kelas IV. Agar nyaman saat belajar di garasi sepeda, para guru urunan membeli kipas angin dan lampu. Dari pantauan Harsem, kondisi

Februari, SNMPTN Jalur Undangan Dibuka AWAL bulan Februari tahun ini, Undip mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui SNMPTN Jalur Undangan. Kepala UPT Humas Undip, Agus Naryoso dalam siaran persnya mengatakan, rencananya pendaftaran online akan mulai dibuka 1 Februari sampai dengan 8 Maret secara online melalui situs snmptn.ac.id. Agus menjelaskan, jalur undangan akan dibuka bersamaan dengan perguruan tinggi negeri lainnya. Jalur ini untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademis selama di SMU dan sederajat. “Kuota jalur undangan dibagi dua. Sebanyak 60 persen calon mahasiswa nasional dan 40 persen untuk calon mahasiswa dari SLTA di di Jawa Tengah,” ungkapnya. Dikatakan, kebijakan itu untuk memberi kesempatan berkompetisi secara fair bagi calon mahasiswa. “Calon mahasiswa dari Jawa Tengah tidak perlu ragu dan kecil hati untuk mendaftar di Undip karena khawatir didominasi calon mahasiswa dari luar Jawa Tengah,” kata dia. Dia meminta, setiap calon mahasiswa yang akan mendaftar mempersiapkan diri dengan baik. Yakni dengan informasi tentang jurusan yang akan dipilih serta prospek ke depannya sehingga tidak salah pilih. Menurut Agus, persyaratan yang seharusnya dipenuhi yakni berkas administrartif sebaiknya disiapkan mulai sekarang. Sehingga pada waktu pendaftaran online bisa langsung mendaftar tanpa kerepotan memenuhi persyaratan. “Pendaftaran akan dibuka sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Tidak ada pendaftaran susulan,” tegasnya. (awi/nji)

HARSEM/SUKMA WIJAYA

Sejumlah siswa bermain di sekitar bangunan sekolah yang ambruk gedung yang berdiri sejak tahun 1977 ini cukup mengkhawatirkan. Bagian atap gedung sudah hilang. Pihak sekolah berinisiatif menutup pintu kelas agar para siswa tidak bermain di dalamnya. Sementara tiga kelas yang masih bagus digunakan untuk ruang kelas V, VI, dan ruang guru. Sekolah sengaja memilih ruang guru dari bangunan yang bagus, karena untuk menyimpan berkas dan dokumen penting. Sudah beberapa kali pihak sekolah

memohonkan bantuan ke dinas terkait untuk perbaikan, namun belum ada realisasi. SD Mojosimo adalah satusatu sekolah negeri di Desa Mojosimo. Tahun ini jumlah siswa mencapai 138 siswa. Pihaknya berharap ada bantuan, agar kegiatan belajar mengajar kembali normal. Para siswa dapat belajar dengan tenang, apalagi mendekati Ujian Nasional. Saat ditemui, siswa kelas III, Elang Ekananda, mengaku tidak terganggu kendati belajar di garasi. Bocah polos

dan riang ini tertawa ketika menjawab pertanyaan wartawan. “Kalau sekolahnya dibuat baru saya mau, gak becek,” jelasnya polos. Sebelum terjadi pemekaran Desa Mojosimo dan Desa Tambirejo, SD Inpres ini bernama SD Tambirejo 2. Sejak bulan Februari 2011 lalu sekolah ini berganti nama SD Mojosimo. Sekitar tahun 2006 sekolah pernah mendapat bantuan ruang kelas namun kondisi semua gedung yang menua harus direhab total. (nji)

HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI

Hemat Biaya Tryout, Cari Soal di Internet

Ratusan Guru akan Dipindah AKIBAT kelebihan guru, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Salatiga akan memindah ratusan guru. Pemindahan bukan hanya antarsekolah, namun juga ke luar daerah. Di antaranya ke Pemalang, Wonogiri, dan Wonosobo. “Program reditribusi guru akan dilakukan mulai Februari,” jelas Kepala Disdikpora Hj Niken Lidiastuti. Redistribusi guru akan dikenakan terhadap ratusan guru SMP dan SMA yang mengampu mata pelajaran tertentu. Yakni guru mapel IPS, matematika, bahasa Inggris dan IPA. Niken mengatakan, bahwa redistribusi untuk memenuhi standar jam mengajar. Hal ini mengacu aturan Kementerian Pendidikan Pusat dan SKB Lima Menteri. Kota Salatiga mengalami kelebihan guru di mapel tertetu. Sehingga harus dipetakan dan diratakan, agar ke depan tidak ada kelebihan guru. Dengan demikian, jam mengajar guru terpenuhi sesuai ketentuan. “Ada kelebihan sebanyak 104 guru mata pelajaran (mapel) IPS, matematika, bahasa Inggris dan IPA. Untuk jenjang SLTA, kelebihan pada mapel IPA. Yang paling banyak adalah kelebihan guru pada SMP,” jelasnya. Pada sekolah dasar (SD) juga terjadi kelebihan guru namun hanya sekolah tertentu. Kelebihan pada mata pelajaran agama serta pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes). Niken mengaku, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi untuk mencari daerah yang bisa ‘menampung’ limpahan guru dari Salatiga. “Daerah yang sudah bersedia menerima adalah Kabupaten Pemalang, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Wonosobo. Selain itu, juga ada tawaran dari Nusa Tenggara Timur,” tandasnya. (hes/nji)

Para siswa kelas enam mengikuti tanya jawab IPA dibimbing wali kelas TAK hanya mengadalkan tryout dari dinas pendidikan, SD Kuncup Melati mengadakan tryout mandiri dengan soal yang dibuat guru. Namun tak jarang, guru mencari soal di internet agar siswa semakin banyak memiliki bahan untuk pembahasan. Demikian dikatakan oleh Kepala Sekolah Agustin Indrawati Dharmawan kepada Harsem saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin. Dikatakan, untuk pelaksanaan tryout, memang pihak

sekolah tetap mengikuti program yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Semarang. “Namun kan kadangkala kami juga mengadakan tryout mandiri,” jelasnya. Karena keterbatasan dana, sekolah tak menggandeng lembaga bimbingan belajar. Karenanya, sekolah swasta gratis ini lebih banyak mengandalkan guru untuk membuat soal sendiri. “Untuk tryout, guru bisa mencari soal-soal tahun lalu. Selain itu guru

kadang mencari bahan dari buku-buku pelajaran,” paparnya. Untuk lebih memperbanyak pustaka tanya jawab, guru tak sungkan mengkopi soal milik sekolah lain. “Kadang kan sekolah lain punya kumpulan soal yang kami tidak punya. Untuk itu, guru kelas enam saya minta lebih aktif bertanya dan pinjam kalau perlu,” jelasnya. Kadangkala tryout tetap melibatkan sejumlah lembaga pendidikan di

Kota Semarang. “Kadang kami melibatkan lembaga pendidikan untuk menyediakan soal. Pihak yayasan yang akan mengeluarkan dana untuk biaya tryout,” urainya. Sekolah di bawah Yayasan Khong Kauw Hwee ini memang sangat konsisten menjadikan sekolah tersebut gratis dari iuran apapun yang melibatkan orangtua siswa. “Salah satunya ya untuk tryout ini. Semua ditanggung yayasan, siswa hanya sekedar melaksanakan tanpa harus terbebani biaya,” terangnya. Dikatakan, pada tahun ajaran lalu, ada sejumlah lulusan SD Kuncup Melati yang berhasil masuk ke SMP negeri. “Ada beberapa siswa yang masuk SMP negeri, ada juga yang masuk ke SMP swasta favorit,” jelasnya. Pada tahun ajaran ini, dirinya berharap siswa bisa mengerjakan soal dengan baik. “Dengan harapan hasil UN mereka akan baik. Itu akan mempermudah mereka masuk ke SMP negeri, dengan meringankan orangtua dalam hal biaya sekolah,” terangnya. Namun, bukan berarti tidak ada kendala yang dialami sekolah. “Dukungan orangtua agar siswa belajar di rumah masih sangat kurang,” jelasnya. Hal tersebut dikarenakan ada orangtua siswa yang kurang peduli. “Kadang kami harus melakukan home visit. Ternyata dari hasil home visit tersebut, kondisi rumah siswa sangat tidak kondusif untuk belajar,” tuturnya. (awi/nji)

HARSEM/DOK

Pendidikan Karakter Keindonesiaan di UKSW

John Titaley

MENYAMBUT Hari Pers Nasional (HPN) 2012, PWI Cabang Jawa Tengah bekerjasama dengan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga akan menyelenggarakan seminar nasional. Seminar bertajuk Peran Media dalam Mengawal Revitalisasi Moral Keindonesiaan – Sebuah Perenungan Menyambut Hari Pers nasional (HPN) 2012. Kegiatan akan dihelat di Balairung UKSW Kamis (15/02) mendatang. Sekretaris panitia seminar, Sugayo Jawama mengungkapkan, beberapa tokoh nasional menyatakan kesediaan menjadi pembicara. Di antaranya Menkominfo Tifatul Sembiring (keynote

speaker). Kemudian Ahmad Syafii Maarif (mantan ketua umum PP Muhammadiyah, guru bangsa), Rektor UKSW Prof Pdt John Titaley ThD, wartawan Senior Harian Kompas, P Swantoro. Seminar akan dimoderatori Sasongko Tedjo (pengurus pusat PWI). Menurut Sugayo, seminar dilatarbelakangi keprihatinan akan bobroknya moral penyelenggara negara. “Merebaknya kasus korupsi di semua lini penyelenggaraan pemerintahan mengundang tanya, sejauh mana itikad moral para penyelenggara negara kita,” jelas Redaktur Pelaksana Harsem ini. Pada situasi pelik ini, masyarakat

bertanya-tanya di mana peran kaum cendekiawan, tokoh masyarakat, ulama, serta insan pers yang mestinya bertugas menjaga moralitas. “Di tengah krisis moral inilah, perlu dilakukan pendidikan karakter keindonesiaan. Agar Indonesia tak semakin terpuruk. Agar negeri ini tak terus-menerus menjadi panggung sandiwara,” jelasnya. Menurut Sugayo, mengutip Rektor UKSW, Prof Pdt John Titaley, jika muncul kritik membangun, dari mana pun datangnya, harus ditangkap substansinya demi perbaikan. Bukan justru dipersoalkan masalah redaksional atau pilihan

gaya perkataannya. “Gerakan untuk memperbaiki karut marut moral jangan dicap sebagai tindakan kurang sopan, karena keselamatan bangsa bukan sekadar persoalan tata krama bahasa yang penuh basa basi. Melainkan, masalah benar atau salah,” jelasnya. Dia mengatakan tujuan seminar di antaranya untuk mengajak khalayak luas agar peduli masa depan keindonesiaan. Juga menumbuhkan kembali ingatan tentang tujuan pendirian negara Republik Indonesia. “Ini langkah strategis untuk menggalang gerakan politik demi perbaikan,” tandasnya. (nji)


HARIAN SEMARANG 120112