Issuu on Google+

Langganan Rp 40.000/bulan Hubungi Lukman 024-74055917

EDISI 721 sabtu kliwon, 7 Januari 2012 12 Shafar 1433 H Terbit 12 Halaman

Redaksi Telp 024-3518359, Fax. 024-3516531 Iklan & Sirkulasi Telp 024-3516531, 91507718 Fax. 024-3516531

Mobil ATM BCA Dirampok Rp 2,4 M Amblas Oleh Abdul Mughis Perampok kian nekat. Mobil pembawa uang ATM digasak, Rp 2,4 miliar pun amblas. Tapi polisi menemukan sejumlah kejanggalan.

A

KSI perampokan nekat, kemarin malam kembali mengguncang Semarang. Uang sejumlah Rp 2,4 miliar berhasil digasak perampok dari mobil pembawa uang Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA yang sedang

FOTO-FOTO: HARSEM/DOKUMENTASI

Di ATM yang berada di Apotek Bina Sehat, Jalan Kalimas Raya (kiri) inilah mobil pembawa uang ATM BCA Daihatsu Gran Max H 1775 LW (tengah) didatangi kawanan perampok yang menggasak uang Rp 2,4 milliar. Bripka Eko SW yang menjadi korban poporan perampok di pelipisnya, saat diperiksa petugas (kanan) mengisi mesin ATM di Apotek Bina Sehat, Jalan Kalimas Raya. Namun, Kepolisian menilai ada sejumlah kejanggalan dalam perampokan ini. Pelaku berhasil menggondol uang Rp 2,4 miliar setelah

perampokan mobil pengisian uang milik PT Andalan Artha Lestari, perusahaan rekanan BCA. ”Kami masih selidiki. Nanti jika sudah terungkap pasti kami sampaikan semua.

menodong Bripka Eko SW, anggota dari Polrestabes Semarang yang pengawal uang dengan senjata api laras panjang jenis V2. Kapolrestabes Kombes Elan Subilan melihat ada keanehan dalam kasus

PENYIDIKAN kasus dugaan suap pengesahan APBD 2012 yang melibatkan tiga tersangka, Sekretaris Daerah (Sekda) nonaktif Akhmat Zaenuri, anggota DPRD Agung Purno Sarjono dan Sumartono menunjukkan proges yang cukup baik. Beberapa hari terakhir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa sejumlah pejabat pemkot. Juru bicara KPK Johan Budi yang dihubungi melalui telepon mengatakan, penyidik KPK kemarin memeriksa beberapa saksi dari kalangan anggota DPRD. Mereka di antaranya Pimpinan Banggar Sriyono dari PDIP dan Ahmadi dari PKS, Pimpinan Golkar Agung Priyambodo, serta Ketua DPC Partai Gerindra Suhariyanto.

TIDAK masuk sekolah, seorang pelajar kelas I sebuah SMK negeri di Semarang dihajar massa lantaran mencuri helm milik pembezuk di halaman parkir Fasilitas Umum (Fasum) RSUP Dr Kariadi, kemarin siang. Ulah “tikus parker” berinisial DW (16), warga Jalan Mendut Utara 8 RT 01/RW 05 Manyaran, Semarang Barat ini dipergoki petugas parkir rumahsakit setempat. Begitu ditangkap, pelaku akhirnya digelandang ke Mapolrestabes. Siswa jurusan multimedia ini mengaku akan menjenguk teman bandnya yang meninggal dunia akibat kecelakaan, kemarin malam. Dengan mengendarai motor Honda Astrea 800 H 4515 IY milik ayahnya, dia masuk areal parkir sebelah timur RS Kariadi. Usai memarkirkan motornya sekitar pukul 09.00, dia sempat celingak-celinguk dan nongkrong di areal parkir. “Saya tidak mengetahui nama teman yang meninggal itu. Karena dia hanya teman sesama anak band. Bingung mencari nama teman, akhirnya saya nongkrong. Saat itulah kemudian muncul niatan mencuri helm,” dalih DW. Berhasil mengambil helm warna merah milik pembezuk (belum diketahui identitasnya), pelaku kembali ke tempat awal motornya diparkir. Celakanya, tempat parkir motor pelaku justru berada di dekat pos penjagaan. Tentu saja saat DW menenteng helm curian itu dicurigai petugas. DW tak mampu mengelak, karena helm curian warna merah berada di tangannya. “Saya baru kali ini mencuri helm karena tidak memiliki uang. Rencana uang hasil curian untuk memperbaiki komputer saya yang rusak,” ujar pelajar yang saat kejadian di kantong celananya terdapat uang Rp 3 ribu rupiah ini.

Bersambung Hal 7

Bersambung Hal 7

KPK Kembali Periksa Saksi-saksi

Jam Sekolah, Pelajar SMK Curi Helm di RS Kariadi

Babak Belur Setelah dicek ternyata benar, pelaku mengambil helm yang semula ditaruh di motor Honda Vario H 4319 QZ (pemilik belum diketahui).

Memang, saya sendiri merasa janggal saja dengan kasus ini,” kata Elan, kemarin, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Bersambung Hal 7

Mekanisme Pemakzulan Perlu Dibenahi SEMUA orang yang masih waras pasti mengharamkan korupsi, karena korupsi telah terbukti menyengsarakan rakyat, merugikan Negara, dan menciptakan ketidakadilan. Karena itu Islam sebagai agama yang membawa rahmat bagi semesta alam (rahmatan lil alamin) sangat mengharamkan korupsi dalam segala bentuknya. Demikian disampaikan Rektor IAIN Walisongo Prof Dr Muhibbin dalam seminar nasional “Fenomena Korupsi sebagai Media Menjatuhkan Kepala Daerah oleh Konspirasi Politik” di Fakultas Hukum Unissula, kemarin. Menurut Muhibbin, tindakan menjatuhkan pemimpin termasuk kepala daerah secara ilegal sangat tidak menguntungkan, karena berpotensi besar mengakibatkan instabilitas dalam masyarakat. “Pemakzulan seorang kepala daerah atau presiden tentu diperlukan mekanisme yang jelas, agar tidak terjadi chaos dan demi menjaga ketertiban dan ketenteraman rakyat,” ujarnya.

Bersambung Hal 7

menDung menggantung Di langit Semarang Mendung pekat menggantung di langit Kota Semarang, kemarin. Berdasarkan informasi BMKG Semarang, diprediksi curah hujan tinggi akan terus terjadi hingga beberapa bulan ke depan. Masyarakat diminta waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem. HARSEM/CUN CAHYA

romantika (Mantan) Suamiku, Kembalikan Anakku! Hidup adalah pilihan. Ketika salah membuat pilihan, kehidupan rumahtangga pun bisa berujung runyam. Lagi-lagi, anak yang menjadi korban.

BETAPA buruknya hidup bersama lelaki jahat. Anisa (31), nama samaran warga Kecamatan Genuk, harus menanggung derita bertahun-tahun akibat kawin dengan orang yang salah. Bahkan meski bercerai, kesedihannya tak berkurang akibat ulah Kadal (32), juga samaran, mantan suaminya yang jahat. Ditemui Harsem di ruang tunggu sidang PA Kota Semarang kemarin, dia menuturkan kisah hidupnya yang pilu. Enam tahun

silam, dia didekati Kadal yang mengaku bekerja di sebuah bengkel sepeda motor di Pedurungan. Entah karena merasa telah saatnya berumahtangga, dia terima ucapan cinta Kadal begitu mudah. Lalu mereka menikah. Tentu saja dia membayangkan akan bahagia hidupnya. Tapi kenyataannya berkebalikan.

Bersambung Hal 7


lawangsewu Jurusan Jakarta KA

Berangkat

Argo Anggrek

SmgTwg

12.00

Gambir

Argo Anggrek

Smg Twg

00.00

Argo Sindoro

Smg Twg

05.30

Argo Muria

Smg Twg

Sembrani

Gumarang

Jurusan Jakarta

Datang

Kelas

KA

Berangkat

17.54

Eks

Senja Utama

Smg Twg

20.00

Gambir

05.52

Eks

Fajar Utama

Smg Twg

08.00

P Senen

Gambir

11.25

Eks

Matarmaja

Smg Pcl

00.58

P Senen

16.00

Gambir

22.03

Eks

Brantas

Smg Pcl

19.30

T Abang

Smg Twg

23.03

Jkt Kota

05.25

Eks

Kertajaya

Smg Pcl

20.46

Smg Twg

12.00

Jkt Kota

18.30

Eks Bis

Tawang Jaya

Smg Pcl

19.00

Jurusan Surabaya

Datang

Diperlukan Pemilahan Data Kemiskinan SETELAH dikritisi kalangan dewan, kini validitas data keluarga miskin (gakin) disorot oleh Pusat Telaah Regional (Pattiro) Semarang. Menurut Direktur LSM Pattiro Dini Inayati, dalam data kemiskinan yang tertera di situs resminya www. pemsosbudsimgakin.semarangkota.go.id, pemkot perlu melakukan pemilahan data. Tujuan pemilahan itu, menurutnya, untuk mengetahui kondisi yang dialami gakin selama ini di Kota Semarang. Dengan demikian, pemilahan itu juga akan sesuai dengan kaidah yang diatur dalam UU No 14/ 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. “Jika mengikuti kaidah undang-undang, maka pemkot dapat melakukan pemilahan. Sebagai contoh persoalan gagal pangan, pendidikan, perumahan, kesehatan, atau modal usaha. Dari situ, penanggulangan kemiskinannya bisa terfokus. Namun, dalam situs resmi, sama sekali tidak ditampilkan,” paparnya. . Ia berharap pemilahan seperti itu dapat dilakukan pemkot sehingga bisa memberi kejelasan kepada masyarakat soal data kemiskinan, termasuk permasalahannya. Selain itu, diharapkan pemkot dapat melakukan pengawasan atas situs resmi tersebut agar tidak trouble. . “Sebelumnya, situs resmi itu hanya bisa dibuka saat peluncuran saja. Setelah itu, sama sekali tidak bisa. Perlu ada pengawasan sehingga tidak trouble lagi,” ujarnya. Ia menambahkan,pengawasan itu juga sangat penting sehingga tidak mengganggu kepentingan masyarakat yang ingin mengetahui warganya yang masuk kategori miskin. “Data yang ditampilkan di situs itu nantinya kan bisa digunakan saat mereka mengurus jaminan. Kalau sekarang masih trouble, mereka nanti akan jadi bingung,” katanya. (ano/jos)

Warga Ngesrep Dilatih Olah Sampah KELURAHAN Ngesrep, Kecamatan Banyumanik bekerjasama dengan BKM akan menggelar pelatihan pengolahan sampah, Minggu (8/1) di balai kelurahan. Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan warga tingkat RT, anggota PKK, dan karang taruna. “Pelatihan pengolahan sampah ini merupakan inisiatif kelurahan dan warga yang prihatin dengan jumlah sampah yang semakin banyak,” ujar Lurah Ngesrep Suharyono, kemarin. Di Kelurahan Ngesrep, lanjut Suharyono, terdapat hanya terdapat satu tempat pembuangan sampah (TPS) di RW 02 dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang. Untuk penambahannya, akan dibangun TPS Mandiri di wilayah RW 06 atas swadaya masyarakat. “Sementara baru di wilayah RW 06 dulu, karena jumlah RTnya terbanyak sehingga keberadaan TPS di wilayah tersebut sangat dibutuhkan untuk menampung sampah. TPS tersebut juga akan dilengkapi rumah pilah yang merupakan bantuan dari BKM,” terangnya. Dengan pelatihan ini, Suharyono berharap, warga bisa mengolah sampah rumah tangganya sehingga jumlah sampah yang dibuang ke TPA Jatibarang berkurang. “Karena mengubah perilaku itu susah, sehingga mengubahnya harus pelan-pelan. Terutama untuk pemilahan sampah organik dan anorganik,” katanya. (wam/jos)

woro-woro Operasi Katarak Massal RUMAH Sakit William Booth Semarang, bekerjasama dengan Rotary Club Kota Sermarang dan Perdami Jawa Tengah akan mengadakan Operasi Katarak Massal yang akan dilaksanakan 21 Januari 2012. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Humas RSUWB 024-8411800, 8414392

Kelas

KA

Berangkat

Bisnis

Gumarang

Smg Twg

01.01

P Turi

14.51

Bisnis

Kertajaya

Smg Pcl

23.55

07.27

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

15.32

03.20

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

P Senen

05.10

Eko

Rajawali

P Senen

02.16

Eko

Sembrani

P Senen

03.02

Jurusan Kediri

Jurusan Bandung

Datang

Kelas

KA

Berangkat

05.22

Eks Bis

Harina

Smg Twg

P Turi

04.40

Eko

P Turi

19.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

08.45

03.32

P Turi

07.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

17.00

Smg Twg

08.25

P Turi

12.50

Eks

Smg Twg

02.21

P Turi

06.34

Eks

Kelas

KA

Berangkat

16.08 04.28

Eks

Brantas

Smg Pcl

Bjnegoro

12.26

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

05.00

Bjnegoro

20.48

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

13.00

Datang 07.30 20.35

Bdg

Jurusan Bojonegoro

Smg Pcl

21.29

Malang

01.01

Kelas

KA

Berangkat

07.39

Eko

Kaligung

Smg Pcl

08.35

Tegal

11.33

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

17.00

Tegal

19.44

Bisnis

Solo Blpn

08.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

05.55

Tegal

08.45

Eko

Solo Blpn

16.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

13.00

Tegal

16.19

Eko

04.56

Eks Bis

Kediri

Jurusan Jombang

Jurusan Malang Matarmaja

Jurusan Tegal

Datang

Jurusan Solo

06.31

Eko

Bangunkarta

Smg Twg

22.32

Jombang

Datang

Kelas

Sumber : DAOP IV Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Masyarakat Diminta Tak Khawatir

Konstruksi Jembatan Kaligarang Kuat Oleh Prihati Puji Utami

Dinas Bina Marga Kota Semarang memastikan Jembatan Kaligarang aman dilintasi kendaraan berat. Pasalnya, konstruksi jembatan didesain elastis sehingga mampu menahan beban berat.

S

EKRETARiS Dinas Bina Marga Kota Semarang Priyambodo menyatakan, konstruksi Jembatan Kaligarang yang dibangun sejak 1998 dalam kondisi baik meski saat ini tengah dilakukan normalisasi Banjirkanal Barat. Menurutnya, konstruksi jembatan ini memang didesain elastis sepertihalnya jembatan di Arteri Utara dan Kalibanger. “Jadi memang kalau ada kendaraan lewat terasa bergoyang, itu normal,” ujarnya usai meninjau jembatan Kaligarang, kemarin. Keberadaan jembatan tersebut, ungkapnya, cukup kuat dengan kapasitas besar dan terus dilakukan evaluasi secara berkala. Maksimum tonase untuk kendaraan berat yang melewati jembatan itu bisa mencapai

sekitar 8 ton hingga 10 ton. Meski demikian, pihaknya akan melakukan kajian lalulintas untuk mengurangi beban diatas jembatan. Melalui kerjasama dengan Dihubkominfo Kota Semarang, pihaknya berencana untuk mengubah arus lalulintas kendaraan di kawasan itu. Antara lain dengan menarik traficlight ke arah barat jembatan agar ketika lampu merah tidak terjadi penumpukan kendaraan di atas jembatan. “Ini masih dikaji untuk sistem traffic manajerial terpadu, bukan karena jembatan ada masalah tapi sematamata agar masyarakat merasa nyaman dan tenang. Sebab sebenarnya kondisi sekarang ini juga tidak ada masalah di jembatan tersebut,” paparnya. Kendaraan yang melewati kawasan itu

Jembatan Kaligarang diwaktu malam hari. Kondisi jembatan itu diyakini masih kuat sehingga mampu dilintasi kendaraan berat HARSEM/INdRA PRABAwA

setiap harinya selalu padat, terlabih saat jam-jam sibuk terjadi kemacetan cukup panjang di kedua sisi. Ia berharap masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi jembatan tersebut, sebab elastisitas yang

menimbulkan goyangan merupakan konstruksi jembatan yang biasa dipakai. “Kalau tidak elastis justru malah berbahaya, jadi adanya goyangan itu tidak berarti ada masalah dengan jembatan,” katanya. (jos)

Kerjasama Retribusi PKL Berpotensi Premanisme WACANA Dinas Pasar Kota Semarang yang akan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga terkait penarikan retribusi ditentang oleh Komisi B DPRD Kota Semarang. Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang Kholison menilai penarikan retribusi yang akan dilakukan swasta itu berpotensi praktik premanisme. “Saya nggak setuju dengan kebijakan itu karena nanti justru akan berdampak negatif bila diterapkan. Seperti munculnya premanisme, karena bisa saja pihak swasta yang telah berkerjasama itu merekrut orang-orang berwajah galak melakukan penarikan retribusi kepada para PKL. Seperti halnya yang terjadi

pada retribusi parkir,” katanya kepada Harsem, kemarin. Untuk itu, ia menyarankan agar Dinas Pasar Kota Semarang harus melalui tahapan kajian terlebih dahulu sebelum sistem penarikan retribusi oleh swasta diterapkan. Selain kajian, perlu juga public hearing dari berbagai kalangan. “Dengan begitu, jika ingin menerapkannya, maka wacana tersebut benar-benar matang dulu, apakah sudah layak atau belum,” tegasnya. Namun, lanjutnya, jika Dinas Pasar tidak menerima saran tersebut, maka dewan pun akan menilai dinas tidak mampu dalam penataan PKL.

“Tolong dipikirkan lagi. Karena jika tidak, maka hal itu dianggap sebagai suatu bentuk ketidakmampuan pemerintah dalam menata managemen PKL. Padahal selama ini, Dinas Pasar sendiri selalu mendapat anggaran penataan dan pengelolaan PKL se-Kota Semarang,” paparnya. Ia berharap, dengan adanya kajian itu, maka Dinas Pasar tidak sematamata mengejar target PAD. Namun, lebih pada kestabilan, kepastian, dan tidak ada tekanan yang berlebihan kepada para PKL. “Menurut saya, itu yang terpenting dilakukan dinas pasar. Jangan terburuburu mengambil keputusan kerjasama

penarikan dulu dengan swasta. Perlu dilihat lagi aspek baik dan buruknya,” tuturnya. Sebelumnya, Dinas Pasar Kota Semarang telah melontarkan wacana soal kerjasama dengan swasta dalam penarikan retribusi PKL. Alasannya, selama ini penarikan retribusi PKL yang dilakukan kelurahan masih sehingga perlu ditingkatkan. Data Dinas Pasar Kota Semarang menyebutkan, kontribusi PKL pada 2011 hanya sekitar Rp 1,4 miliar dari total pendapatan dinas sebesar Rp 15 miliar. Angka itu terlalu rendah jika dilihat dari jumlah total PKL yang mencapai 11.000 pedagang. (ano/jos)

TPI Mangunharjo Butuh Perhatian

Sehat, Murah bersama Carrefour CARREfOUR Srondol Banyumanik setiap hari Minggu mengadakan senam aerobik pukul 06.00 – selesai di pelataran parkir C4. Bagi pengunjung yang ingin mengikuti agenda rutin ini silahkan bergabung dan gratis.

Kajian Tematik GP Ansor PiMPiNAN impinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Genuk akan mengadakan pengajian tematik bersama KH Bukhori Masruri, di Masjid Baitul Muttaqin Genuksari, pada Minggu (8/1) jam 20.00. Tema: “Akar Kekerasan dan Radikalisme Atas Nama Agama”. CP: Sodri (024-70284579).

2

saBTU, 7 Januari 2012 selasa, 26 Oktober 2010

Kondisi TPI Mangunharjo tergenang rob sehingga tidak digunakan aktivitas nelayan KONDiSi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mangunharjo di Kelurahan Mangkang Kulon, Kecamatan Tugu semakin memprihatinkan. Meski bangunan fisik masih layak pakai namun digenangi rob sehingga tidak digunakan aktivitas

HARSEM/LISSA FEBRINA

nelayan. Warga RT 03/ RW 01 Ismaro mengatakan, sejak TPI Mangunharjo dibangun pada 1999, sampai sekarang belum pernah digunakan oleh nelayan. Pasalnya sungai Plumbon dangkal

sehingga kapal besar tidak bisa masuk. “Kalau dipaksakan maka kapal akan mengalami kerusakan, karena sungai dangkal sehingga perlu dilakukan pengerukan,” ujarnya. Hal senada juga disampaikan oleh Lurah Mangunharjo Subardi. Menurutnya, sedimentasi Sungai Plumbon mengakibatkan kapal kesulitan untuk bersandar. “Kalau infrastrukturnya bisa dilakukan normalisasi maka banyak nelayan yang memanfaatkan TPI untuk menjual hasil tangkapannya,” kata Subardi. TPI tersebut merupakan milik Propinsi Jateng, tetapi karena belum ada upaya untuk melakukan pengerukan maka TPI tersebut tidak bisa digunakan nelayan. Nelayan lebih memilih menjual hasil tanggkapannya ke Kendal. “Padahal jaraknya lebih jauh. Tetapi karena TPI Kendal itu kapal besar maupun kecil bisa masuk sehingga ramai dikunjungi oleh nelayan,” katanya.

Subardi menjelaskan, Sungai Plumbon tidak ada talud sehingga ketika ada perahu yang lewat maka terjadi erosi. “Harusnya baik sebelah kanan atau sebelah kirinya perlu di bangu talud agar tidak terjadi longsor,” katanya. Subardi berharap TPI Mangunharjo dihidupkan agar bisa digunakan oleh nelayan. Selain itu, perlu dikembangkan potensi wisata namun terbentur dengan biaya sehingga warga hanya sebatas membangun jalan seadanya. “Tetapi kalau jalan yang menuju pantaiu diperbaiki maka akan menkadi andalan wisata,” ungkapnya. Untuk wilayah wisata, katanya, dipangku oleh dua kelurahan yakni Kelurahan Mangkang Kulon dan Kelurahan Mangunharjo, Tugu. “Sebenarnya untuk jalan menuju tempat wisata itu berjarak 600 meter dari TPI Mangunharjo, tetapi karena biaya untuk pembangunannya besar maka warga tidak mampu,” tandasnya. (lif/jos)

PULUHAN pedagang Pasar Sampangan yang berjualan sayuran, mulai mendatangi gedung Pasar Sampangan Baru untuk membuat lapak yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Maryamah salah seorang pedagang dilantai dasar membuat lapak di gedung Pasar Sampangan baru yang diseragamkan dengan gerobak pedagang lainnya. “Ini sangat membantu pedagang dalam membuat gerobak, yang tujuannya agar sama baik warna maupun bentuknya,” katanya. Petugas Persatuan Pasar dan

Jasa Pasar (PPJP) Pasar Sampangan Suwanto mengatakan, pedagang yang menempati lantai dasar adalah pedagang sayur-sayuran dan makanan lainnya harus membuat gladak atau lapak dengan ukuran yang telah ditetapkan yakni dengan tinggi 150 cm dan ketinggian kaki 20 cm. “Lapak ini bentuknya sama semua sehingga terlihat indah,” katanya. Sedangkan untuk masalah warna, Suwanto mengatakan, bisa berwarna krem atau putih semua tergantung dari kesepakatan dari pedagang. Tetapi kalau ada

pedagang yang tidak sama maka dari PPJP tidak bertanggungjawab. “Kalau masalah warna semua tergantung i kesepakatan dari pedagang pasar. Yang penting warnanya bisa sama agar terlihat rajin,” katanya. Untuk itu dari PPJP telah mensosialisasikan kepada pedagang dengan menempel aturan pembuatan gerobok atau lapak. “Ini semua untuk menghindari apabila terjadi kesalahan dalam pembuatan gerobak. Tujuannya agar pedagang sama dalam pembuatan lapak tersebut,” katanya. (lif/jos)

HARSEM/LISSA FEBRINA

Pedagang Sayur Pasar Sampangan Membuat Lapak

Pedagang sayur membuat gerobak/lapak di dalam Pasar Sampangan yang baru

Pemimpin Umum/Pjs Pemimpin Redaksi: Andy Suwanto Dewan Redaksi: H Noor Achmad, Iwan Haryanto, Arief Mudzakir, Andy Suwanto, Redaktur Pelaksana: Saefudin, Sugayo Jawama Litbang: Iriyanto Redaktur: Arief Firhanusa, Bagus Panji Buana, Dwi NR, Panji Joko Satrio, Puji Joko Sulistyo, Sardi AK, Teguh Argari Bisono, Tri Wuryono Koordinator Liputan: Poltak Sinaga Wartawan: Abdul Mughis, Ariel Noviandri, Aris Wasita Widiastuti, Hery Priyono, Lissa Febrina, Mohammad Ichwan, Nur Hidayat, Prihati Puji Utami, Sokhibun Ni’am, Wara Merdekawati, Wikha Setiawan, Wiwig Prayugi Kontributor: Nino Adisumarto (Ungaran), Sukma Wijaya (Demak), Heru Santoso (Salatiga) Pewarta Foto: Cun Cahya, Indra Prabawa Desain dan Lay Out: Anton Sujarwadi, Prasetya Widodo, Muhammad Fatoni, Ajie Mahendra, Omegantoro Anggraito Penerbit: PT Semesta Media Pratama Berdiri sejak Pendiri Pemimpin Umum Wakil Pemimpin Umum

: : : :

10 Agustus 2009 H Suwanto, SE, MM

Andy Suwanto, MBA

Pemimpin Perusahaan: Andy Suwanto, MBA Direktur Utama: Iwan Haryanto Keuangan: Dwi Arum Dhati (Manajer), Mulyono, Septiyarini Aksari Distribusi & Sirkulasi: Much Lukman, G Hendra, Aries Kunarto, Ririn Setyowati Promosi dan Iklan: Dyah Purnasari General Affair: Viddy Yusafiadi Alamat Redaksi: Jl KH Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Floor 1-3 Semarang Telp: 024-3512771, Fax. 024-3516531 Iklan dan Sirkulasi: 024-3518359 E-mail: redaksi@hariansemarang.com, harian.semarang@ yahoo.com Website: www.hariansemarang.com

Nugroho PS

Wartawan Harian Semarang selalu dibekali tanda pengenal dan dilarang menerima atau meminta sesuatu dari narasumber


AYO MBANGUN jAwA teNGAh

3

sabtu, 7 Januari 2012

Dana PPIP Diduga Disunat organisasi mantan anggota DPrD kabupaten Grobogan, Paguyuban Bakti Praja, menyoroti bantuan pusat melalui APBN yang diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur pedesaan.

P

royek Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) tahun 2011, di mana setiap desa mendapat alokasi Rp 250 juta, diduga dipotong Rp 20 juta per desanya. Tudingan itu diungkapkan oleh Humas Paguyuban Bakti Praja, Anton Catur. Anton Catur yang merupakan anggota DPRD Grobogan periode 1999-2004 dari Fraksi PDIP menegaskan, berdasarkan informasi dan data yang dihimpun, beberapa proyek infrastruktur mulai dikerjakan Desember ini. Namun ada juga yang sudah dikerjakan sejak bulan lalu. “Pemotongan ini tentu berdampak pada berkurangnya volume pekerjaan proyekproyek infrastruktur pedesaan yang ada,” katanya. Disebutkan, untuk tahun 2011 ini, pada anggaran perubahan APBD Grobogan tercantum 13 desa yang mendapat dana PPIP. Yaitu Ngembak, Cingkrong, Ngraji, Suru, Ngroto, Sugih Manik, Tungu, Sumberojosari, Ketro, Kranyar, Termas dan Putat Nganten. Ditambahkan Anton, pihak desa yang

mendapat kucuran dana PPIP merasa tidak keberatan atas pemotongan tersebut. “Desa-desa yang mendapat kucuran dana tidak keberatan atas pemotongan tersebut. Di beberapa desa, pekerjaan proyeknya sudah dimulai,” ujarnya. Menurutnya, praktek pemotongan tersebut disinyalir sudah berlangsung sejak tahuntahun sebelumnya, namun baru sekarang diketahui. “Ini perlu diusut karena negara dirugikan ratusan juta rupiah dari pemotongan ini,” tandasnya. Sementara itu, Dinas PU Cipta Karya yang membawahi proyek-proyek PPIP, melalui pimpinan proyek (pimpro) Joni Sarjono, membantah tudingan tersebut. “Tidak.. tidak ada pemotongan itu,” katanya. Dijelaskan, dana PPIP langsung ditransfer dari kas daerah ke rekening masyarakat pada masing-masing desa penerima. Saat ini pekerjaan infrastruktur pada program PPIP sudah berjalan. “Kemarin masyarakat sudah kita kumpulkan untuk sosialisasi program tersebut,” ujarnya. (pji/tab)

Disiapkan Esemka untuk Gubernur

Walikota Desak SkPD Segera Lelang Proyek

Bibit Waluyo HARSEM/DOK

SALATIGA-Kepada seluruh SKPD dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) diharapkan untuk segera melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa serta lelang tender proyek sesuai jadwal yang sudah ditetapkan dan diputuskan. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan kegiatan barang dan jasa bisa selesai tepat waktunya. Demikian dikatakan Walikota Salatiga Yuliyanto ketika ditemui Harsem, di ruang kerjanya, kemarin. Dikatakan, bahwa dead line waktunya adalah bulan Februari lelang tender proyek itu harus sudah dimulai sehingga pelaksanaan kegiatan barang dan jasa bisa segera dilaksanakan. Pihaknya telah menyatakan bahwa Pemkot Salatiga telah berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa sesuai yang ditetapkan dalam APBD 2012. Ini semua demi pembangunan sarana infrastruktur bisa terlaksa dengan baik.

“Awal tahun anggaran 2012 ini, saya tegaskan semua kegiatan pengadaan barang dan jasa harus sudah dilelang. Sekarang ini seluruh SKPD dan ULP sedang mempersiapkan proses lelang seluruh kegiatan pengadaan barang dan jasa yang ditetapkan ditetapkan dalam APBD 2012. Intinya, pada awal tahun ini juga semua proyek harus sudah dilelang,” jelas Yuliyanto. Siap Lelang Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Salatiga Agung Hendratmoko menyatakan, pihaknya sudah siap melaksanakan proses lelang semua kegiatan sesuai dengan regulasi.Hal ini menyangkut proses pekerjaan kegiatan juga bisa segera dilaksanakan. Targetnya pada akhir Januari ini proses lelang sudah dimulai. Karena banyak kegiatan fisik di DPU yang nilai totalnya mencapai puluhan miliar rupiah. Ditambahkan Agung, salah satu

kegiatan yang bisa dilelang seawal mungkin adalah peningkatan jalan di Jalan Lingkar Selatan (JLS) STA 400STA 1.100 senilai Rp 10 miliar. JLS ini berada di wilayah Kelurahan Cebongan, Kecamatan Argomulyo. Juga, proyek rehab gedung dan penataan lingkungan DPRD Kota Salatiga senilai Rp 2 miliar. Dalam pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa, DPU akan tetap bertindak tegas, artinya siap memberikan sanksi kepada rekanan pelaksana proyek yang tidak bisa tepat waktu dalampenyelesaiannya. “Sanksi yang akan dijatuhkan DPU kepada rekanan tersebut berupa pemutusan kontrak kerja dan pengenaan denda sesuai dalam aturan yang berlaku. Kami bersikap tegas agar pelaksanaan pembangunan bisa berjalan dengan baik dan hal ini belajar dari tahun-tahun sebelumnya yang banyak rekanan tidak tepat waktu,” tandasnya. (hes/tab)

Bulog Didesak Segera Beli Gabah koNDISI cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini turut mempengaruhi sektor pertanian Jateng. Curah hujan yang cukup tinggi dan tak menentu mengakibatkan para petani kesulitan dalam hal produksi beras, terutama untuk masalah pengeringan gabah. “Untuk menghasilkan gabah yang berkualitas baik kan harus dikeringkan di bawah sinar matahari secara maksimal. Akan tetapi karena cuacanya seperti ini terus hujan, jadinya para petani kesulitan dalam mengeringkan gabah,” tukas Ketua Fraksi PPP DPRD Jateng Masruhan Syamsurie, kemarin. Efek sampingnya, menurut Masruhan, tentunya berdampak pada kualitas gabah petani dan menurunnya harga di pasaran. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada dinas terkait untuk turun tangan

mengamankan harga gabah. “Utamanya Perum Bulog Jateng harus segera turun ke lapangan guna mengendalikan harga gabah. Karena jika curah hujannya terus menerus berkepanjangan seperti ini, maka kualitas gabah yang dihasilkan tidak akan maksimal dan mengganggu harga di pasaran,” katanya. Dirinya mengakui, desakan tersebut merupakan hasil dari berbagai laporan para petani seJateng yang banyak mengeluh akibat turunnya kualitas gabah hasil panen mereka. Rata-rata, para petani di Jateng mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkan hasil panen mereka. “Selama tidak ada sinar matahari secara maksimal, petani kesulitan untuk melakukan pengeringan gabah. Sedangkan untuk pengeringan di tempat penggilingan

SATu unit mobil khusus Kiat Esemka Rajawali tengah dipersiapkan untuk Gubenur Jawa Tengah Bibit Waluyo. “Satu mobil khusus telah kami siapkan untuk Gubenur,” ungkap Susanta, Kepala Sekolah SMK 2 N Surakarta belum lama ini. Saat ditanya kendaraan model apa yang tengah dipersiapkan khusus untuk Gubenur, Susanta menolak memperinci. “Lihat saja nanti,” jelas Susanta singkat. Susanta mengakui bila masukan yang dilontarkan kepada kendaraan Kiat Esemka merupakan cambuk tersendiri buat para siswanya untuk lebih baik lagi. “Yang penting Gubenur mendukung karya ini agar bisa dipasarkan,” kata dia. Diakui oleh Susanta, tanpa dukungan dari Gubenur, apa yang dilakukan para siswa SMK ini tidak ada artinya sama sekali. Apalagi dalam kandungan lokal di dalam prodak Esemka ini 80% seluruhnya menggunakan bahan dalam negeri. Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo saat ditemui di Waduk Gajah Mungkur menyebutkan jika dirinya enggan menggunakan Esemka sebagai kendaraan dinas. Alasannya, hingga saat ini kendaraan itu belum mendapatkan sertifikasi kelayakan. (tab)

padi, biayanya cukup mahal, belum lagi ditambah dengan biaya transport dan lain-lain. Otomatis dengan kondisi tersebut, harga gabah petani dipastikan turun,” papar Masruhan. Politisi yang juga tergabung di Komisi E DPRD Jateng tersebut mendesak Bulog untuk menyelamatkan hasil panen petani. Caranya bisa dengan segera melakukan pembelian gabah atau beras hasil panen petani. “Yang dikhawatirkan dari kondisi tersebut adalah adanya permainan dari para tengkulak atau pedagang beras yang berusaha menekan harga jual petani serendahrendahnya. Kalau begini kan yang kasihan petaninya, makanya Bulog harus memainkan perannya untuk menyelamatkan hasil panen para petani,” pungkasnya. (hep/tab)

Komisi B DPRD Jateng saat berkunjung ke IKM Salatiga

HARSEM/DOK

IkM kekurangan Modal SALATIGA-Komisi B DPRD Prov Jateng yang dipimpin Ketua Komisi Wasiman mengunjungi Industri Kecil Mandiri (IKM) Kota Salatiga. Rombongan yang berjumlah 12 orang itu mengunjungi outlet IKM ‘SAGA’ di rumah Eko Susilo,Kecamatan Argomulyo, kemarin. “Tujuan dari kunjungan ini untuk melihat kondisi industri kecil di Kota Salatiga, informasi yang kami dapatkan nama ‘SAGA’ ini sudah terkenal di luar kota bahkan sampai di Bali. Dengan kedatangan kami semua ini akan dapat mengetahui kendala yang dihadapi oleh kelompok ini. Nantinya, harapannya kita dapat membantu dalam mengatasi permasalahan yang ada,” jelas Wasiman, di sela-sela kunjungan tersebut. Sementara, Kepala Kantor Penanaman Modal (KPM) Kota Salatiga Sri Danudjo menyatakan,

pihaknya mengaku permasalahan utama adalah masalah modal. Pasalnya, produk olahan IKM Kota Salatiga ini telah lama masuk dan beredar pada sejumlah super market. Sehingga untuk meningkatkan produknya dan pemasarannya sangat dibutuhkan modal lebih. “Selama ini masalah utamanya adalah masih kekurangan modal untuk meningkatkan produknya dan pemasaran. Masalah lain adalah belum adanya vacuum sealer dan timbangan digital. Untuk itu, pihaknya sangat mengharapkan ada bantuan dana yang nantinya akan dibelukan alat tersebut, “tandasnya. Tim dari Komisi B DPRD Jateng ini, di Kota Salatiga juga disambut oleh Kabag Perekonomian Darmono dan Staf Baepda Salatiga Adi Setiarso. (hes/tab)

Arah kiblat Masjid Agung Demak Dikembalikan DeMAk-Menyusul desakan para Kiai dan warga NU, Takmir Masjid Agung Demak (MAD) membentuk Tim Perumus yang beranggotakan sembilan orang dari unsur kiai dan instansi terkait. Akhirnya memutuskan arah kiblat MAD dikembalikan ke posisi semula, menganut ijtihad wali. Warga NU melalui Ketua PCNU Demak KH Musadad Syarief, sebelumnya meminta arah kiblat MAD dikembalikan ke posisi semula. Akhirnya Tim Perumus yang beranggotakan KH Muhammad Asyiq, HM Dachirin Said, KH Masruchin Ahmad, KH A Arief Chlil, H Saerozi, H Nur Rosyid, H Abdul Fattah, H Muzammil, dan KH Abdul Rosyid, telah menetapkan keputusan untuk mengembalikan arah kiblat. Menurut Ketua Tim Pengurus merangkap Ketua Takmir MAD, keputusan tersebut dilandasi oleh ijtihad wali. Tim memutuskan, kiblat bagi orang sholat dan dapat melihat Ka’bah adalah menghadap ke bangunan Ka’bah. Dan kiblat bagi orang yang sholat dan tidak dapat melihat Ka’bah adalah arah Ka’bah (jihat

al-Ka’bah), meniadakan garis shof, dan arah kiblat dikembalikan ke posisi semula. Bagi yang mengikuti perubahan, dipersilakan sesuai dengan keyakinan masing-masing. Tim Pengkaji Sementara itu tim pengkaji arah kiblat masjid dan mushala, belum lama ini dibentuk oleh Kantor Kementerian Agama (Kanmenag) Kota Salatiga.Tim baru ini akan bekerja jika ada takmir masjid yang mengajukan permohonan memperbaruhi arah kiblat. Kepala Kanmenag Kota Salatiga Wuryadi mengatakan, tim ini bertugas untuk meniliti arah kiblat yang benar jika ada takmir masjid yang masih meragukan arah kiblat pada masjid maupun mushalanya. Hal ini dapat diajukan kepada Kanmenag dengan mengajukan surat permohonan kepada Seksi Urusan Agama Islam Kanmenag. “Dari dasar surat pengajuan itu,tim akan melakukan pengecekan ulang serta meneliti arah kiblat yang lebih tepat di seluruh lokasi

masjid atau mushala yang ada di Kota Salatiga. Pengecekan ulang ini sangat penting dilakukan karena jika melenceng atau bergeser maka arah kiblat itu juga bergeser. Dari data yang diterima Kanmenag banyak arah kiblat yang sudah melenceng atau bergeser,” jelasnya, kemarin. Dari dasar inilah,maka penting dan perlu dilakukan update setiap tahun agar arah kiblat tidak salah. Untuk itu pengecekan arah kiblat harus sering dilakukan, minimal satu tahun sekali agar arah kiblat di setiap masjid dan mushala benar-benar tepat. Pihaknya juga mengaku selain membentuk tim pengkaji guna meneliti arah kiblat di setiap masjid dan mushala, Kanmenag Kota Salatiga juga telah meminta kepada Pemkot Salatiga untuk membentuk tim hisab rukyah. “Selain pembentukan tim arah kiblat juga membentuk tim hisab rukyah, hal ini untuk mengetahui serta menentukan waktu pelaksanaan Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha. Hingga kini, Kota Salatiga belum memiliki tim khusus untuk itu semua,” tandasnya. (swi/hes/tab)

Arah kiblat Masjid Agung Demak yang sudah dikembalikan

HARSEM/SUKMA WIJAYA


pendidikan

4

SABTU, 7 Desember 2012

Dewan Minta Status RSBI Dicabut Tak Laku, Jurusan ‘Perdukunan’ Ditutup JURUSAN pengobatan alternatif sempat moncer di Inggris. Namun akhir-akhir ini, peminat jurusan ‘perdukunan’ itu kian lesu. Sejumlah universitas tinggi mulai menutup jurusan itu. Bahkan tahun ini, tertutup peluang sama sekali untuk meraih gelar ‘sarjana homoeopati’. Sejak 2007 lalu, jumlah sarjana dan master di bidang refleksologi, aromaterapi, akupunktur, dan homoeopati telah menurun. Diyakini, minimnya peluang kerja membuat calon mahasiswa kembali beralih ke jurusan “tradisional” seperti fisika dan kimia. Mulai tahun ini, Derby University akan menghapus Departemen Pengobatan Komplementer. Sementara University of Westminster, yang dikenal sebagai kampus dengan Departemen Pengobatan Komplementer terkemuka, menghapus hampir semua program di jurusan pengobatan alternatif. Selain karena pasar tenaga kerja, salah satu alasan penghapusan program pengobatan alternatif adalah karena tekanan dari sejumlah pihak. Selama dua tahun terakhir, para ilmuwan dan dokter di Inggris menunjukkan kemarahannya, karena pajak negara digunakan untuk mengajarkan pengobatan yang tidak berbasis bukti. Mereka menyebutnya sebagai terapi kristal dan “medan energi”. Kampanye penentangan dipimpin David Colquhoun, profesor farmakologi di University College London, bersama dengan kelompok rasional Sense about Science. Pada 2007, saat pengobatan alternatif sangat populer, 16 PTN di Inggris menawarkan 42 gelar BSc/BA untuk 12 jurusan yang pengobatannya tanpa basis pembuktian. Di antaranya metode ayurveda, naturopati, homoeopati, dan terapi pijat. Pada 1992, pemerintah Inggris memberi izin pendirian 66 perguruan tinggi yang menawarkan gelar sarjana untuk pengobatan komplementer. Popularitas pengobatan alternatif di Inggris semakin populer setelah didukung Pangeran Charles, yang berkampanye untuk meningkatkan status pengobatan alternatif. (nji)

Lulusan Arsitektur Paling Banyak Nganggur DI Amerika Serikat, jurusan arsitektur ternyata kurang membanggakan. Pasalnya, di negara Paman Sam itu, arsitektur merupakan jurusan dengan tingkat pengengguran tertinggi. Arsitektur menempati porsi sekira 13,9% dalam data tingkat pengangguran. Data ini merupakan hasil penelitian terbaru yang dirilis Pusat Pendidikan dan Tenaga Kerja Georgetown University di Amerika Serikat. Secara umum, jumlah pengangguran tertinggi adalah lulusan jurusan non-teknik, seperti arts (seni dan arsitektur) sebesar 11,1%, serta humaniora, dan liberal arts (9,4%). Humaniora mencakup jurusan ilmu sosial seperti komunikasi, hukum, dan sastra. Sementara liberal arts mencakup sejarah, ilmu politik, dan psikologi. Untuk lulusan kesehatan atau pendidikan, tingkat penganggurannya hanya 5,4 persen. “Jika jurusan Anda terdengar seperti profesi, misalnya jurusan teknik di mana Anda akan menjadi teknisi, maka Anda akan mendapat peluang baik,” kata Direktur Pusat penelitian, Anthony P Carnevale seperti dikutip dari Chronicle, Kamis (5/12012). Secara umum, para insinyur memang memiliki prospek kerja yang baik, namun khusus untuk lulusan teknik sipil dan mesin, angka penganggurannya tetap tinggi. Meski demikian, profesi ini mempunyai standar penghasilan yang tinggi. Survei ini dilakukan kepada mahasiswa perguruan tinggi di Amerika yang lulus pada 2011 dengan rentang usia 22 hingga 26 tahun. Laporan disusun berdasarkan data dari Biro Sensus Amerika, yang fokus pada pendapatan yang dihasilkan jurusan kuliah dan pekerjaan. Terlepas dari jurusan yang dipilih, Carnevale meyakini, gelar dari perguruan tinggi masih menjadi penentu mendapatkan pekerjaan. “Secara keseluruhan, tingkat pengangguran untuk pemilik gelar sarjana adalah 8,9 %. Sementara angka pengangguran lulusan sekolah menengah atas (SMA) sebesar 22,9 % dan lulusan SMA yang putus sekolah angka penganggurannya sebesar 31,5 %,” ujarnya menandaskan. (nji)

Oleh Sokhibun Ni’am

Lantaran dianggap gagal memenuhi standar kualitas, status sekolah RSBI di Semarang diminta dicabut. Derajatnya dikembalikan sebagai sekolah reguler.

K

OMISI D DPRD Kota Semarang meminta status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di sejumlah sekolah di Kota Semarang dicabut. Statusnya dikembalikan menjadi sekolah reguler. Desakan tercetus menyusul hasil evaluasi terhadap satuan pendidikan yang telah menjadi RSBI tidak mengalami perkembangan dan kualitasnya kalah dengan sekolah reguler. “Baik dari segi lulusannya hingga tenaga pengajar masih jauh dari kelayakan. Kuota guru strata dua (S2) belum juga memenuhi kuota. Seperti SMA N 1, SMA N 3, SMP N 2, dan SD Sompok, itu sudah melebihi batas evaluasi yang seharusnya dikaji kembali kelaikan RSBI-nya,” terang Ketua Komisi D, Supriyadi, kemarin (4/1). Begitu pula pada satuan SMK RSBI, Supriyadi mengatakan, lulusannya juga tergolong masih belum layak dikatakan RSBI. Tingkat kelulusannya terbilang buruk jika dibandingkan SMK regular. “Seperti di SMKN 11 dan SMKN 6 tahun kemarin,” imbuhnya. Untuk sekolah-sekolah RSBI yang sudah melebihi batas masa evaluasi tetapi tetap tidak memenuhi syarat menjadi SBI,

HARSEM/CUN CAHYA

Menulis kata ‘syarat’ saja keliru. Potret kualitas sebuah sekolah RSBI di Kota Semarang Supriyadi mendesak pemerintah untuk mengkaji lagi dan bisa mengembalikan status kembali reguler. “Di sini Pemkot memiliki kewenangan merekomendasi pusat untuk meninjau kembali kelayakan RSBI di masing-masing daerah,” tandasnya. Pihaknya juga meminta pihak Dinas Pendidikan agar tidak merekomendasikan atau mengajukan lagi izin RSBI bagi sekolah yang ingin jadi RSBI. “Jangan ada alasan penunjukan RSBI itu dari Pemerintah Pusat. Kemendikbud tidak akan

menunjuk sekolah tersebut menjadi RSBI jika tidak ada rekomendasi dari daerah,” tegasnya. Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Semarang, Ngasbun Egar meminta tim penilai RSBI lebih ketat dan tegas. Sebab pada prakteknya selama ini, ia melihat ada sejumlah sekolah di Kota Semarang yang dipaksakan menjadi RSBI. Kesan dipaksakan, menurut Ngasbun jelas bisa dilihat, seperti ada sekolah tertentu yang dilihat dari sisi lahan

yang tidak memenuhi syarat, tidak memungkinkan untuk pengembangan sarana prasarana penunjang RSBI, tapi tetap saja masuk RSBI. “Seharusnya tim penilai betul-betul memperhatikan segi persyaratan secara normatif. Kalau memang belum memenuhi standar ya harus dicoret,” tandasnya. Menurutnya, sekolah RSBI harus melebihi 8 Standar Pendidikan Nasional (SPN) yang telah ditentukan Kemendikbud. Seperti dari segi sarpras,

Undip Dirikan Pusat Budaya Turki UNTUK melancarkan pertukaran antara Indonesia dengan Turki, belum lama ini, Undip melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pasiad Indonesia tentang pendirian dari pengoperasian pusat budaya Turki. Pasiad Indonesia sendiri adalah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan budaya yang bertujuan untuk berbagi dan bekerjasama dengan berbagai negara. Deputy Chairman of pasiad Indonesia, Ramazan Cingil mengatakan, kerjasama tidak dibedakan agama, ras dan budaya. “Karena Tuhan menciptakan manusia itu mempunyai hak yang sama di dunia ini,” jelasnya pada acara yang digelar di kampus Undip Tembalang tersebut. Dirinya menjelaskan bahwa kerjasama seperti ini juga telah dilakukan di tingkat kementrian pendidikan di mana Pasiad telah banyak menfasilitasi mahasiswa Indonesia untuk belajar di Turki dan sebaliknya ada sekitar 180 orang mahasiswa Turki yang belajar di Indonesia. Dalam perjanjian yang juga dihadiri oleh seluruh jajaran dekan dan pejabat Undip tersebut, kedua pihak memiliki kepentingan bersama dalam mempromosikan kerjasama dengan penelitian, pendidikan, kebudayaan dan pelayanan sesuai

HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI

Ramazan Cingil (kiri) dan Prof Sudharto P Hadi menandatangani naskah kerjasama dengan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia, serta prosedur kebijakan pemerintah tentang teknis kerjasama internasional. Tujuan dari kerjasama difokuskan pada pendirian dan operasi pusat kebudayaan Turki di kampus Undip. Lingkup kerjasamanya meliputi pertukaran pelajar, staf akademik, dan administrasi, Pengembangan pelatihan dan lokakarya, joint research, dan lain-lain yang kegiatan tersebut memberikan keuntungan kedua belah pihak. Rektor Prof Sudharto P Hadi

menyampaikan terima kasih kepada Pasiad Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada Undip sebagai institusi pendidikan dalam pengembangan usaha kerjasama Pasiad di Indonesia. “Harapan kami kerjasama ini akan membantu kedua belah pihak untuk mewujudkan tujuan masing-masing,” jelasnya. Selain itu, dijelaskan pula, kerjasama ini menjadi salah satu sarana mewujudkan visi Undip untuk mencapai world class university di tahun 2020. (awi/nji)

pengajar, hingga standar kemampuan murid. Namun demikian, terkait pencabutan status RSBI ini ia berpendapat supaya tidak serta merta dilakukan penurunan kembali menjadi sekolah berstatus reguler. “Tujuan RSBI itu kan menjadi SBI. Kalau memang belum memenuhi persyaratan saya berharap ada pembinaan dan pembeberan kekurangan sekolah tersebut sehingga muncul perbaikan. Jangan serta merta diturunkan kembali menjadi reguler,” tandasnya. (nji)

SMKN 1 Bangga Rakit Mobil SEBUAH truk mini berwarna putih kinclong terpajang di salah satu sudut ruang workshop SMKN 1 Semarang, Rabu (4/1). Tampilan mobil itu terlihat cukup mentereng. Orang mungkin tidak akan menyangka jika mobil tersebut merupakan hasil rakitan para siswa. Ya, mobil berkapasitas mesin sebesar 1.500 cc itu hasil rakitan para siswa SMKN 1 Semarang. Selama kurang lebih 3 bulan dibangun dengan komponenkomponen bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sebagian besar komponen didatangkan dari Dongfeng, Cina. “Mobil yang berhasil dibangun dan selesai diuji coba baru satu ini, sementara satu unit lagi masih dalam proses perakitan siswa dan guru,” jelas Kepala SMKN 1 Semarang, M Sudarmanto sambil menunjukkan proses perakitan mobil yang ia maksud itu, (4/1). Pada kesempatan itu, sejumlah guru dan siswa terlihat bekerjasama memasangkan komponenkomponen mobil, seperti mesin dan transmisi. Dua unit mobil itu, ia katakan, akan dijadikan sebagai percontohan bagi sekolah. Setelah proyek perakitan, target yang akan dilakukan selanjutnya mendorong para siswa bisa membuat komponen-komponen sendiri dan merakitnya menjadi mobil dan memasarkannya. Proyek perakitan mobil yang dilakukan SMKN 1 Semarang, ia katakan, tidak hanya terdiri dari dua unit mobil. Dengan total bantuan mencapai Rp 1 miliar yang diterima, sekolah akan merakit 12 unit mobil lagi. “Kami masih menunggu komponennya dikirim, kalau nanti datang akan langsung kita garap,” tandasnya. Kepala sekolah juga mengatakan, biaya produksi satu unit mobil berkisar Rp75-85 juta. Mobil rakitan siswanya terebut diklaim tangguh dan siap diterjunkan di segala medan jalan, dengan kapasitas mesin sebesar 1.500 cc. (sna/nji)

Alumnus Jepang Diminta Bangun Semarang

HARSEM/ SOKHIBUN NI’AM

Dari kiri: Soemarmo HS, Prof Sudharto P Hadi, Rachmat Gobel, dan Prof YS Darmanto pada pelantikan pengurus Perada Cabang Semarang

WALIKOTA Semarang Soemarmo HS mengajak para alumnus dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Jepang untuk terlibat dalam pembangunan Kota Semarang. Pada acara peresmian dan palantikan Perhimpunan Alumni dari Jepang (Persada) Cabang Kota Semarang di Gedung Rektorat Undip Tembalang, Selasa (3/1). Soemarmo menyatakan harapannya kepada para alumni dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Jepang bersedia membagi ilmu dan pengalaman yang didapatnya selama menempuh studi di Negeri Sakura untuk membangun dan memajukan Kota Semarang. “Secara umum, antara Semarang dan kotakota besar di Jepang seperti Tokyo atau Hirosima itu memiliki kesamaan. Hanya bedanya Semarang belum semaju kota-kota di Jepang. Maka akan sangat positif jika para alumnus dari Jepang bersedia membagi ilmu dan pengalaman yang didapatnya dari negeri sakura untuk memajukan

Semarang,” ucap Walikota yang juga didaulat sebagai Penasehat Perada Cabang Kota Semarang. Para alumni Jepang itu, ia harapkan, setidaknya bisa membantu pemerintah Kota Semarang dengan melakukan berbagai kajian sesuai keilmuan yang didapatnya semasa belajar di Jepang. “Di Kota Semarang masih banyak yang harus diperbaiki, misalnya masalah tata kota,” jelasnya. Dalam kesempatan itu, Prof YS Darmanto dilantik menjadi Ketua Persada Cabang Semarang. Selain Walikota Semarang, pelantikan juga dihadiri Ketua Umum Persada Pusat Rachmat Gobel, Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi, dan Ketua Kopertis Jateng Prof Mustafid. Ketua Umum Persada, Rachmat Gobel menjelaskan, Persada didirikan pada 5 Juli 1963 sebagai wadah bersatunya orang Indonesia yang sempat mengenyam pengalaman belajar di Jepang, baik mulai masa sebelum proklamasi dan setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Saat ini ada lebih dari 1.000 alumni dari Jepang, baik perguruan tinggi dan sekolah yang tergabung dalam Persada yang kepengurusannya tersebar di berbagai wilayah,” jelasnya. Cabang Persada sendiri, ia tambahkan, sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Solo, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Palembang, sampai Aceh, dan Semarang ini. “Tujuan Persada adalah untuk membantu pemerintah daerah dan pusat dalam upaya membangun dan memajukan bangsa ini,” kata Rachmat. Sementara, Rektor Prof Sudharto P Hadi berharap etos kerja masyarakat Jepang yang sangat bagus dapat ditularkan para alumni dari Jepang untuk meningkatkan kualitas SDM. “Etos kerja itu sangat dibutuhkan bagi Indonesia untuk meningkatkan kualitas, termasuk memajukan sektor ekonomi dan perindustrian,” tandas Rektor. (sna/nji)


peristiwa Pesawat TNI AU Jatuh MAGELANG-Pesawat latih milik Angkatan Udara jenis Cessna jatuh di Dusun Karangrejo, Desa Kedungsari, Kecamatan Bandongan, kabupaten Magelang, kemarin siang Kapten Penerbang Ali Mustofa, pilot pesawat latih TNI Angkatan Udara itu tewas setelah pesawat yang dipilotinya jatuh di dekat bantaran Sungai Progo, sekitar pukul 10.30. Jenazah pilot langsung dievakuasi, sementara bangkai pesawat Charly dengan Nomor Latih Dasar (LD) 3417 itu hancur berserakan di sekitar jatuhnya pesawat tersebut. Pilot Ali Mustofa merupakan satu-satunya penumpang di pesawat tersebut. Komandan Wing Pendidikan Terbang Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, Kolonel M. Khairil Lubis mengatakan, kondisi pesawat tersebut masih bagus sebelum peristiwa tragis ini menimpa. “Semua pesawat yang diizinkan terbang tentu kondisnya bagus (layak terbang), namun dengan adanya insiden itu kami akan mengevaluasi,” katanya. Hingga sore kemarin, belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Penduduk setempat mengatakan, sebelum jatuh pesawat sempat berputar-putar. (jos)

Bantuan Korban Angin Ribut SALATIGA-DPC PDIP Kota Salatiga akan memberikan sumbangan kepada warga yang menjadi korban angin ribut di Modangan, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo. Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Salatiga Milhous Teddy Sulistiyo SE mengatakan, bantuan tersebut akan dikumpulkan oleh para kader,pengurus,tokoh maupun simpatisan PDIP Salatiga bersamaan digelarnya acara Peringatan dan Perayaan Natal 2011 di GPD Salatiga, Minggu (8/1) besok. Acara tersebut salah satunya dikemas dengan acara Penggalangan Dana Bencana Alam Modangan. “Penggalangan dana itu nantinya akan kita sumbangkan kepada warga Modangan Blotongan yang menjadi korban angin ribut dan rumahnya rusak parah. Data yang kami terima, puluhan rumah telah rusak parah,” jelas Teddy yang juga Ketua DPRD Kota Salatiga kepada Harsem, kemarin. Ditambahkan Teddy, dalam acara Perayaan Natal Keluarga Besar PDI Perjuangan Salatiga ini, selain dihadiri seluruh pengurus DPC PDIP Salatiga juga akan menghadirkan Sekjen DPP PDIP Cahyo Kumolo, Ketua DPD PDIP Jateng H Murdoko SH, Ketua dan Sekretaris DPC PDIP se-eks Karesidenan Semarang. (hes/jos)

BAP Korupsi LKD Lerep segera Dilimpahkan UNGARAN-Satuan Reskrim Polres Semarang telah menyelesaikan proses penyidikan kasus korupsi uang Lembaga Keuangan Desa (LKD) Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, dengan tersangka Kaur Perekonomian Desa, Tejoningsih (45). Awal pekan ini, Polres Semarang akan melimpahkan tersangka beserta barang bukti ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambarawa, karena Berita Acara Pemeriksaan (BAP) sudah dinyatakan lengkap atau P21. Dalam pemeriksaan, tersangka diketahui telah menggunakan uang kas desa sebanyak Rp 25 juta untuk keperluan pribadinya. Kepala Desa Lerep, Sumaryadi saat dikonfirmasi mengatakan, dana yang dikorupsi oleh kaur perekonomian Desa Lerep, Tejoningsih adalah dana hibah dari pemkab yang diambil dari APBD 2004, dan pencaairannya dilakukan pada tahun 2005 untuk meningkatkan ekonomi warga. “Bentuknya dana bergulir yang dipinjamkan kepada warga dengan bunga 1,5 %. Dana tersebut dikelola oleh LKD dan tersangka saat itu menjabat sebagai sekretaris LKD,” terangnya. Selama dikelola oleh tersangka sejak tahun 2005, dana sebesar Rp 25 juta tersebut tidak mengalami perkembangan. Sebaliknya justru habis tanpa ada pertanggungjawaban. Hal tersebut, lanjut Sumaryadi, diketahui saat dilakukan reorganisasi LKD. “Ternyata Ibu Tejoningsih tidak bisa mempertanggungjawabkan keuangan tersebut, baik secara akutansi maupun pembukuannya,” tandasnya. Lebih lanjut ia menjelaskan, uang yang dipinjamkan kepada warga tersebut semestinya bertambah. Pasalnya peminjam dikenai bunga 1,5%. Prosentase bunga itu peruntukannya 1% untuk desa dan 0,5% untuk pengelola. “Jadi total kerugian desa sesungguhnya modal awal Rp 25 juta ditambah dengan bunga pinjaman,” jelasnya. Terpisah, Kapolres Semarang, AKBP IB Putra Narendra menjelaskan, pihaknya sudah melakukan penyelidikan dan penyidikan atas kasus tersebut. Berita Acara Pemeriksaan kasus tersebut juga sudah selesai di proses dan dinyatakan P21 oleh Kejaksaan Negeri Ambarawa pada 25 November 2011. Selanjutnya kepolisian akan melimpahkan, BAP dengan No Pol:BP /147/XI/2011/Reskrim beserta tersangka dan barang buktinya pada pertengahan bulan Januari 2011 ini. “Kasusnya sudah dinyatakan P21 oleh Kejari. Dan dalam minggu ini BAP dan tersangka akan segera kami limpahkan secepatnya ke kejaksaaan,” ungkapnya. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 2 ayat 1 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 yang direvisi menjadi pasal 8 UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.(ino/jos)

sabtu, 7 Januari 2012

Pesan Terakhir Ribka Dwi Susanti

“Kalau Kutinggal, Bapak Jangan Sedih Ya…!” Oleh Nino Adisumarto dan Sukma Wijaya Tiga mahasiswa yang tewas terseret banjir di hulu Sungai juweh sekitar Merapi Kabupaten Magelang, satu di antaranya jenazah Ribka Dwi Susanti telah dimakamkan, kemarin. Sedangkan, dua korban lainnya Nathanel dan Debora dimakamkan Minggu (8/1) besok.

H

UjAN tangis mewarnai pemberangkatan jenazah Ribka Dwi Susanti, mahasiswi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, salah satu korban banjir Sungai Jluweh, Kabupaten Magelang. Sejumlah pelayat yang hadir di rumah duka Jalan Gurita no. 9 RT 02/ RW 12 Perumahan Sebantengan, Ungaran tak kuasa menahan airmata saat peti jenazah Dwi diangkut ke dalam mobil jenazah, usai dilakukan misa arwah. Sumardi (58) ayah korban terpaku melihat iring-iringan pelayat mengantar kepergian putri tercinta untuk selamanya. “Airmata saya sudah habis. Meski semalam saya tidak rela, tapi saya harus kuat dan mengikhlaskan kepergian Dwi,” ucap Sumardi dengan suara terbata. Kepergian Dwi sungguh memukul perasaan Sumardi, yang sehari-hari bekerja sebagai penjual nasi bungkus di depan SDN Ungaran 02. Seminggu sebelum kepergiannya, putri kedua dari empat bersaudara ini sempat “berpamitan”. “Kalau aku tinggal nanti, bapak jangan sedih ya...!” kata sumardi menirukan yang diucapkan Dwi, tiga hari sebelum meninggal. “Saya kira Dwi berpamitan untuk

tinggal di Mess Satya Wacana, karena dia itu mahasiswi penerima beasiswa yang Juni nanti akan diwisuda. Ternyata ucapannya tempo hari untuk berpamitan selamanya,” tuturnya. Dengan raut penuh duka, Sumardi kembali mengingat saat terakhir kebersamaannya bersama almarhumah. Sebagai satu-satunya anak perempuan, Dwi merupakan buah hati yang sangat peduli dan selalu merawat dirinya. Terlebih setelah sang istri, Semi meninggal tepat dua tahun lalu. “Tanggal 10 Januari nanti tepat dua tahun ibunya meninggal. Saya tidak menyangka dwi akan menyusul secepat ini,” tuturnya. Firasat kepergian itu, lanjut Sumardi, sesungguhnya sudah dirasakan sejak awal Desember lalu. Yakni ketika dirinya terjatuh dari sepeda ontel dan tiga giginya patah. Sejak itulah kabar duka selalu menghampiri keluarganya. Pertama Budenya Dwi meninggal, tak lama kemudian giliran kakeknya. Dan hal yang paling tidak disangka oleh Sumardi, ternyata berita duka ketiga justru menimpa putrid kesayangannya, Ribka Dwi Susanti. “Sungguh saya tidak menyangka, ternyata firasat itu mengisaratkan kepergian Dwi,” lirihnya. Cerita duka juga dikisahkan Hizkia

Nugroho Adisaputro (21) Kekasih Dwi ini menuturkan bahwa dirinya terakhir berkomunikasi dengan Dwi sekitar satu jam sebelum terjadi peristiwa tragis yang merenggut nyawa kekasihnya. Waktu itu ia mengirim pesan pendek menanyakan keberadaan korban, yang kemudian dijawab dengan kalimat, “Saya lagi di Ketep, dan baik-baik aja koq,” ucap Nugroho menirukan pesan pendek yang dikirimkan Dwi. “Sekitar satu jam lebih kemudian saya mencoba telpon Dwi. Tersambung tapi tidak diangkat. Beberapa kali saya coba hasilnya tetap sama,” katanya. Tak lama kemudian, lanjut Nugroho, diirinya diberitahukan oleh salah satu keluarga Dwi di Jogja, tentang tragedi yang menimpa kekasihnya. “Saya benarbenar shock, ternyata waktu saya telpon dan tidak diangkat itu posisi dwi sudah terhanyut banjir,” katanya lagi. Ribka Dwi Susanti, adalah salah satu dari tiga mahasiswa yang tewas terseret banjir sungai Jluweh, saat berwisata ke air terjun Kedung Kayang, Kabupaten Magelang. Dua korban lainnya adalah kakak beradik Natanel Tri Kurniawan dan Debora, keduanya tercatat sebagai mahasiswa UKSW Salatiga dan Unika Soegijoparanoto Semarang. Dimakamkan Besok Sementara jenazah Nathanel Tri Kurniawan (21) dan adiknya, Elisabeth Debora (19 dua warga Demak rencananya akan di makamkan Minggu (8/1) besok. Kondisi rumah duka di Jalan Pemuda No.21 Kelurahan Kalicilik, Demak, hingga kemarin tampak sepi. Sejumlah kerabat dan tetangga yang ingin melayat harus

kembali, karena jenazah kakak-adik itu ditransitkan di rumah duka Ie Wan jalan Arteri Yos Sudarso Semarang, sembari menunggu para kerabat. Nathanael adalah mahasiswa Universitas Satya Wacana (UKSW) Salatiga, selain periang dan supel, korban dikenal sangat berbakti kepada orang tua. Nathanael merupakan anak ketiga dari pasangan Benny Kurniawan dan Eva Kurniawan. Sementara Debora mahasiswa fakultas psikologi Universitas Soegijapranata, yang dikenal penurut merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara. Dengan meninggalnya dua korban, duka menyelimuti keluarga Beni Kurniawan pemilik Lembaga Pendidikan Bahasa Ingris Kurnia Excellent Jalan Pemuda No 21 Demak. “Saya ini sedang di Semarang mengurusi jenasah dua putra saya. Mohon doanya agar arwah putra-putri saya diterima di sisi Nya,” ujar Benny ketika dihubungi. Menurut benny dirinya tidak ada firasat yang mengganggu sebelum dua buah hatinya pergi selama-lamanya. Debora hanya pamit ingin menengok kakaknya yang kuliah di Salatiga. “Bisa jadi setelah disana kemudian diajak Natanael untuk berwisata,” ungka Benny. Terpisah sahabat karib mendiang Natanael, alumni SMP N 2 Demak tahun 2006, Toni (21) warga Kalicilik, Demak menuturkan dirinya kaget mendengar kabar sahabatnya meninggal dalam musibah. “Terakhir kontak kami saling mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru melalui jejaring sosial-facebook,” ujar Toni. (jos)

Talud Tak Dibenahi, Akses Jalan Nyaris Putus SEMARANG-Kondisi jalan di wilayah RT 10/RW 02 Kelurahan Sendangguwo, Kecamatan Tembalang nyaris terputus. Setahun terakhir ini jalan yang tiap harinya dilalui warga itu longsor dan tidak kunjung dibenahi. Jalan yang berada di samping Sungai Banjir Kanal Timur ini, terkikis karena ambrolnya tanggul sungai. Jalan yang semula bisa dilalui mobil, kini hanya bisa dilalui sepeda motor dan pejalan kaki. Jalan yang menghubungkan wilayah RW 02 dan RW 03 tersebut awalnya memiliki lebar kurang lebih 3 meter, namun setelah longsor hanya tersisa 0,5 meter. Sisa jalan 0,5 meter itu pun bawahnya sudah mulai tergerus oleh hujan yang beberapa hari ini mengguyur Kota Semarang sehingga membahayakan pengguna jalan terutama sepeda motor. Pengguna jalan terutama sepeda motor harus

berhati-hati ketika melintas. Yamin (67) warga sendangguwo mengatakan, warga setempat telah melakukan penanganan sementara agar longsor tidak semakin parah. Bantuan dari RW, kelurahan bahkan warga RT pun sudah dilakukan tetapi msih ambrol dan semakin parah. “Bahkan jalan yang nyaris putus itu dialasi dengan rangkaian bambu agar kuat ketika dilewati sepeda motor dan tidak membahayakan warga. Kas RT hampir habis untuk memperbaiki jalan, untuk mengganti bambu atau beli paku untuk penanganan sementara,” katanya. Yamin menjelaskan, jalan tersebut banyak dilalui oleh warga karena penghubung antara Kecamatan Tembalang dengan Kecamatan Semarang Selatan. Warga khawatir bila tidak kunjung dibenahi, maka longsor akan semakin parah. (wam/jos)

HARSEM/WARA MERDEKAWATI

Seorang anak melintas jalan yang nyaris putus sehingga diberi penyangga

KNPI Beri Bantuan Anak Yatim Piatu KENDAL-Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jateng kembali melanjutkan program santunan yatim piatu di Panti Asuhan Muhammadiyah Kaliwungu Kendal, Kamis (5/1). Penyerahan bantuan berupa dana pembinaan dan alat-alat tulis disampaikan oleh Wakil Ketua KNPI Jateng Farhan Hilmie didampingi Ketua

DPD II KNPI Kendal Ali Martin. “Bakti sosial yg diselenggarakan hari ini merupakan bagian dari program KNPI Peduli. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati dan responsivitas pemuda terhadap kondisi sosial agar terwujud solidaritas sosial yang kuat antar sesama anak bangsa” tegas Farhan Hilmie.

Farhan mengajak kepada anak yatim piatu yang dibina di Panti Asuhan Muhammadiyah untuk utamakan pendidikan. “Pendidikan sangat penting untuk generasi muda sekarang, mari kita cintai pendidikan agar anak-anak panti bisa jadi dokter, insinyur, pengusaha dan pemimpin daerah,” ujarnya. Koordinator Panitia, Lukman Hakim

menambahkan bahwa kunjungan ke panti asuhan ini dilakukan secara roadshow ke Demak, Pati, Semarang, Kendal dan Purbalingga. Selain kegiatan ini “Program KNPI Peduli” juga menyelenggarakan kegiatan peduli kesehatan, pendidikan, olahraga dan seni budaya. (ono/jos)

Usai Pesta Bersama PK, Pengedar Sabu Ditangkap

Kapolres Semarang AKBP IB Putra Narendra dan dua tersangka pengedar sabu dalam gelar kasus di Mapolsres Semarang kemarin. HARSEM/nIno ADISuMARTo

UNGARAN-Pengedar sabu-sabu Herman Permana alias Toni (40) berhasil diringkus petugas Satuan Narkoba Polres Semarang bersama seorang pemandu karaoke (PK), Nur Khasanah alias Echa (21). Keduanya ditangkap seusai menggelar pesta sabu-sabu di kamar Hotel Matahari, Desa Sekunir, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Dari tangan Echa, polisi menyita barang bukti berupa, satu kantong plastik sabu-sabu, seperangkat alat hisap dan dua buah handphone yang disembunyikan di bawah tempat tidur. Sementara dari rumah kontrakan Herman, polisi menemukan lima bungkus plastik kecil berisi sabusabu, satu bungkus kantong plastik berisi 41 butir pil ekstasi, alat hisap, timbangan elektrik, tiga buah handphone, buku catatan penjualan sabu-sabu dan uang Rp 3,4 juta. Kapolres Semarang, AKBP IB Putra Narendra mengatakan, Herman diindikasi sebagai pengedar sabu-sabu yang beroperasi antarkota. Terbukti, Herman yang sesungguhnya warga Jombang, Jawa Timur, kontrak rumah di wilayah Bergas hanya untuk mengembangkan bisnis terlarangnya. “Dia berencana mengembangkan bisnis narkobanya di wilayah Bergas dan Bandungan. Sebab, di dua lokasi tersebut terdapat banyak hotel dan karaoke,” kata Narendra dalam gelar kasus, Jumat (6/1) di Mapolres Semarang.

Dikatakan, pengungkapan kasus narkoba tersebut diawali dari informasi yang diperoleh anggota Satuan Narkoba yang kemudian ditindaklanjuti dengan penggerebekan di salah satu kamar hotel Matahari. Dari situ polisi berhasil menangkap Echa. Dalam pemeriksaan, Echa mengaku bahwa barang bukti yang ditemukan petugas tersebut adalah milik Herman Permana. Dari Echa pula polisi berhasil mendapatkan informasi alamat rumah kontrakan Herman di Sekunir, Bergas. Tanpa membuang waktu, polisi langsung bergerak di tempat sasaran dan menangkap Herman di rumah kontrakannya, berikut mendapatkan sejumlah barang bukti yang menguatkan dugaan bahwa tersangka adalah seorang pengedar barang terlarang. Saat ini, lanjut Narendra, polisi sedang mengejar bandar pemasok sabu-sabu kepada tersangka Herman. Namun, polisi sedikit menemui kesulitan karena dalam pengakuannya, Herman tidak pernah menyebut nama bandar besar yang selama ini berperan sebagai pemasok sabu-sabu dan ekstasi tersebut. “Bisnis narkoba selalu menggunakan jaringan sistem rantai terputus. Pelaku yang tertangkap selalu mengaku tidak kenal dengan pemasoknya. Ini yang menjadi kesulitan kami untuk membongkar

jaringan yang lebih besar lagi,” jelas Kapolres. Sementara saat dikonfirmasi, Herman mengaku baru tiga bulan menjadi mengedarkan sabu-sabu di wilayah Kabupaten Semarang. Dan barang terlarang tersebut diakui didapatkan dari Jakarta, yang dikirim melalui seorang kurir. “Saya pesan melalui telpon lalu dikirim melalui kurir. Dan sampai saat ini saya tidak kenal bandarnya,” kilah Herman, yang mengaku pernah ditahan di Surabaya karena kasus sama. Menurut Kapolres, Bergas dan Bandungan merupakan wilayah rawan peredaran narkoba. Pasalanya, banyaknya hotel dan tempat hiburan karaoke menjadi salah satu sarana petensial yang digunakan para pengedar. Informasi adanya peredaran dan pesta sabu-sabu, telah mendorong pihaknya membentuk tim khusus untuk melakukan penyelidikan di lokasi. Hasilnya Polres Semarang berhasil mengungkap sekaligus menangkap pengedar. Untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dua wilayah tersebut, lanjut Narendra, pihaknya telah bekerjasama dengan pemkab dan pengelola tempat hiburan, hotel dan restauran yang ada, agar tidak melindungi para pengedar atau pemakai narkoba. “Saya imbau agar pengelola hotel dan tempat karaoke untuk tidak melindungi para pengedar dan pemakai narkoba. Sebaliknya bila mengetahui harap segera melaporkan,” pungkasnya. (ino/jos)


YAIK-BARITO ya iklan baris to! JENIS IKLAN

Tarif Iklan Pastikan..!!

Baris Kolom Advertorial Display

BW

SPOT

6.000,-/baris 6.500,-/mmk 8.500,-/mmk 10.000,-/mmk

7.000,-/baris 7.500,-/mmk 9.500,-/mmk 11.000,-/mmk

FULL COLOR

KETERANGAN

10.000,-/mmk 12.500,-/mmk

> 2 baris < 10 baris 30 mmk < 200 mmk > 200 mmk > 100 mmk

Brosur dan Material Promo Anda Sampai Ke Tangan Pembaca, Karena Hanya Kami Ahlinya... KEHILANGAN

KOS

LOWONGAN

BUTUH UANG Pembiayaan mobil /motor Jaminkan BPKB Proses Cepat Tanpa Survei Bunga mulai 0.5% Takeover. Bisa Hub: 024-70880082 / 085727711297

HILANG STNK NP H 3968 AP an. Dwi Lisa Andriana, Jl.Murtimulyo Blok B No.4 RT.01/15 Muktiharjo Pedurungan SMG

MENERIMA kos2-an putri / mahasiswi / karyawati Jl. Parangbaris 7 no.19 Telp. 0246706482 / 91341819 / 0856405222372

DIBUTUHKAN SEGERA MARKETING

BUTUH DANA Jaminkan BPKB, Ke KSP Pundi Artha Mas Hub: 024-70529700 0688/IKL/R/X/20/11

ELEKTRONIK

1051/IKL/R/XII/31/11

1021/IKL/R/XII/3/11

HILANG STNK NP H 1826 TG an. Primkopkar PT. PLN Dis JTG, Jl. Teuku umar 47 SMG

MENERIMA Kos2an Pasutri Jl. Parangbaris 7 No.19 Telp. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

1050/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP. H 5713 SZ an. Suprijanto, Lamper Mijen RT. 01/06 Lamper tengah SMG 1049/IKL/R/XII/29/11

0990/IKL/R/XI/07/11

KOS PASUTRI/karyawan 2 bln Rp 500.000 Lok. Daerah Mrican Hub. 024-91312155 0700/IKL/R/XI/02/11

HILANG STNK NP. H 6315 SP an. Kusmiati, Surtikanti VI/6 SMG

KULINER

HILANG STNK NP. H 3829 ER an. Winarno, Jl. Kawi III RT.04/04 Wonotinggal Candi sari SMG

Membutuhkan: Karyawan tetap untuk Marketing P/W usia 23-55 th yang sudah pengalaman

Lamaran lengkap langsung ke:

TOKO PARABOLA Jl Hasanudin G 58 Pasang / servis / Yes TV / Indovision, Hub: 024-70889950

Jl Kauman Barat 330 Semarang Telp 70345720

1046/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP H 6693CZ Winarno, Meteseh RT. 3/1 SMG

an.

1045/IKL/R/XII/28/11

0873/IKL/PR/VI/09/11

JASA PROPERTI DESAIN & SPESIALIS Renov/baru. Rmh, Kost (Free Gbr+Kitchen Set). 70129510 0641/IKL/B/VII/17/11

KEHILANGAN

1044/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 5167 JR an. Suryatini. BA, Tanah Putih RT.02/03 Candisari SMG 1043/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP H 3924 LF an Slamet Riyadi Jl. Lodon II Rt 08/05 Bandarharjo Smg Utara 0009/IKL/R/I/06/12

HILANG STNK NP. H 3142 FP an. Menik Maisaton, Jl. Seruni 3 No. 4 RT.7/10 Tlogosari Pedrgn SMG 1042/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP H 6471 PR an Slamet Pujianto Jl Asrama Polri Kalisari Rt 04/07 Blok 8/II Smg

HILANG STNK NP . H 6490 DP an A. Budiyono, Kp. Penjaringan RT.06/01 Kemijen Smg

0008/IKL/R/I/06/12

1041/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP H 6118 WF an Nang Warianto Subarjdo Jl. Kp Bugen Rt 02/01 Muktiharjo Kidul Pedurungan Smg

HILANG STNK NP . H 6359 FS an Joko Pujanto, Brigjen Sudiarto No.299B RT.1/4 Smg

0007/IKL/R/I/06/12

HILANG STNK NP. H 2160 RE an Darto, Kramas RT.03/03 Tembalang Smg

HILANG STNK NP H 2216 ZN an Suhendri, Blerong RT 1/3 Guntur Demak 0006/IKL/R/I/05/12

HILANG STNK NP H 4904 BP an Dwi Bagus Andrianto, Tanjungmas RT 6/11 SMG 0005/IKL/R/I/05/12

HILANG STNK NP. H 5894 BY an GKJTU Jemaat Semarang IV, Jl. Nangka No. 16 RT 01/02 SMG 0004/IKL/R/I/05/12

HILANG STNK NP H 1985 UA an Abdullah Jl Kauman Krendo 31/32 Smg 0003/IKL/R/I/04/12

HILANG STNK NP H 2961 PG an Ery Astuti Jl. Talangsari IV/6 Smg 0002/IKL/R/I/04/12

HILANG STNK NP H 2931 GS an Rusdiyanto Jl Kanguru Utara V/25 Rt 10/03 Smg

AMAN, legal, BPOMRI, Foredi-Gel 200rb. Pesan antar 085641321999 0975/IKL/R/X/06/11

FOREDI – Gel 200rb, GASA 250 rb, asli legal Hub 085641321999 0974/IKL/R/X/06/11

JUAL GPS Tracking 2,5 jt/unit free berlangganan Web & GPRS selama 1 th Hub : Nanang 081330407550 0931/IKL/R/VIII/03/11

JUAL ALAT PENGHARUM RUANGAN OTOMATIS HUB. 085225518179

1040/IKL/R/XII/28/11

0906/IKL/B/VII/22/11

LOWONGAN

SALESMAN Kami perusahaan Distributor Bahan Baku Roti untuk pabrik roti membutuhkan beberapa salesman. Syarat: - Usia max 30 th - Pendidikan min DIII/SI - Punya motor & SIM

PENGOBATAN

1029/IKL/R/XII/15/11

1025/IKL/R/XII/15/11

DAHSYATNYA Bisnis FOREX! Profit Rp.2,5Jt/ hari, Modal Min, Rp.1Jt Cocok utk PNS, Pegawai Swasta dll. Info lengkap www.starttexas.com. SMS "PETUNJUK" Hp. 081905109444

0975/IKL/R/X/07/11

1020/IKL/R/XII/3/11

TERAPI Cakra Spiritual (Biaya Sukarela), Gayamsari IV/22, Majapahit SMG. Telp.6706083 0958/IKL/V/IX/03/11

NEW MASSAGE & RILEXS call : Viona 085741812670

0904/IKL/R/VII/16/11

1036/IKL/R/XII/23/11

AGEN BABY SITTER, Jompo, Dpt U/ saku 4jt, Spor, Hkg, Twn, Gj 5jt GRATIS Fee Sponsor 8,5jt. Hub. PT RIMBA (021)84972854, 84971469, 33722294, 70533132, 70582811 0993/IKL/R/XI/09/11

2

3

2

3

4

8 10 11

12

4

5

8

9

JUAL MOBIL TOYOTA BU43 DUMP TRUCK 2005 MERAH H 1513 SG. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787

0895/IKL/I/VII/09/11

0888/IKL/I/VI/24/11

PIJAT PENYEMBUHAN MERIDIAN Dan terapi alat vital, Hub Bp.Budi 085640003160 ada tempat & terima panggilan 0872/IKL/PR/VI/09/11

PIJAT Ibu Ida & mas Yulianto. Mengatasi ejakulasi dini, tambah perkasa, lulur & refleksi. Pekunden tengah III 4A Hub: 0248416725 ada tempat bisa dipanggil.

13

21

20

19

0934/IKL/R/VIII/06/11

LES NGAJI QUR’AN, 085225518179

HUBUNGI

ANDA membutuhkan pembiayaan mobil niaga. Hub kami: 081326526063 ENDA, 081225366581 DANI, 081332221288 INDRA, 081227321114 NURDI, 081225 551888 WIWIN, 082136291312 AJAY. Jl. Majapahit No. 321 A. Proses cepat BPKB Aman. 0878/IKL/PR/VI/10/11

0905/IKL/B/VII/22/11

JUAL MOBIL TOYOTA DYNA TRUCK 2000 MERAH H 1465 MC. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787 0902/IKL/R/VII/16/11

0851/IKL/PR/V/14/11

22

27

26

28 28

29

34

33

34

30 35

35

41

39

45

46 49

31 36

17

16

20

24

32 38

37 42

32

33

39

40

43 47 45

50

49

52

53

22. 24. 25.

44

26. 28. 29. 30. 32.

48 45

1022/IKL/R/XII/12/11

DIJUAL RMH HM 4 KT LT.7x12 Hrg 120 jt Nego Jl. Murti Indah 36 Muktiharjo Hub. 081325918989

JUAL RMH HM Bukit Menur Sendangmulyo LT 91m2 listrik 1300w, 2 kt, PAM, hrg 120 jt nego Hub. 02470554473 / 08812460658

1004/IKL/R/XI/19/11

JUAL/BU: Tanah di Sampangn, tepi jln, 375 jt / Rmh dekat Java Mall, 1,5M (nego) Hub: 085640351333 0863/IKL/I/V/28/11

DIJUAL KAVLING ukuran 12x25M dkt UNNES Sekaran, harga 100jt Hub:081225060117 0858/IKL/PR/V/25/11

DIJUAL TANAH SHM 2269 Luas 7000 M2 Di Pati Hub: 024 48502743 0739/IKL/R/I/06/11

UMROH/HAJI

0944/IKL/R/VIII/13/11

DI JUAL Segera: Kavling HM + 750m2 di sltn SLB Mgnhrjo Tmblng Smg View bgs, nego. HP: 082136898938.TP dan No SMS 0929/IKL/R/VIII/02/11

DIJUAL RUMAH Tanpa DP Angs 880rb/ bln, Lokasi Bangetayu Kulon 70320596

PINJAMAN Tanpa Agunan.. khusus karyawan, gaji 2jt lewat transfer bank. Hub: Ardian 024-70247939 / 085876862929

DIJUAL RMH HM di Mahesa Pedurungan Lt 190 Lb 120 3KT 2KM ada Bathup, garasi 3 mobil harga 450jt nego Hub: 024-70999840/081325985566

UMROH/HAJI dengan 3,5 jt bisa berangkat umroh/haji+ bersama PT. Arminareka fee Refrensi 1,5 jt/jamaah Hub: 08157647484

0857/IKL/PR/I/21/11

0904/IKL/PR/VII/21/11

0869/IKL/PR/VI/09/11

Alat Musik Senar Unsur Besi Perintang Jalan Bank Dagang Negara Kemudian Semua, Seluruh Hias Utama Dingin (Jawa) Zat, Panas Kalau Dipegang Unggul Jauh Penanaman Modal Asing Tempat Uang Makan Retak, Hampir Pecah Kakak (Jawa) Ukuran Kain, Benda Bulat Buat Permainan

33. Surat Keputusan Bersama 36. Nampan 38. Jenis Gitar 41. Bintang (Inggris) 42. Baju 43. Logam Mulia 45. Garing 47. Sebab 49. Masa Orientasi Siswa 50. Nenk (Belanda) 51. Gang 52. Sopan 53. Virus 54. Tonggak

MENURUN: 1. 2.

54 VIDDY-HARSEM

PEMENANG TTS HARSEM Edisi 5/XII

DIJUAL RUMAH dr type 21-besar di semua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik

BU : JUAL TANAH Di Meteseh, Rumah Di Tembalang Hub. EDO (024) 50218699

0919/IKL/R/VII/27/11

PERBANKAN

MENDATAR: 1. 5. 8. 9. 10. 11. 14. 17. 18. 20. 21.

29

27

51

7

24

23

25

22

6

15 17

1024/IKL/R/XII/15/11

JAWABAN TTS EDISI 5/XII

14

18

16

DIJUAL RUMAH dr type 21–besar disemua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik

1019/IKL/R/XII/3/11

INGIN KULIAH BHS Inggris & Belanda masuk saja di AKABA 17 Semarang Hub: 3552474 Seteran Dalam No 9 Semarang.

0903/IKL/R/VII/16/11

11

13

17

5

0600/IKL/B/V/05/11

TANAH DIJUAL

JUAL CEPAT rumah Semarang Indah Blok E 2 Lantai Komplit 420jt 085842763159

LES PRIVAT Rombongan Matematika RSBI dijamin nilai diatas 8 Hub 0246706482 / 91341819 / 085640522372

0627/IKL/A/VI/29/11

3JT “PAKET PERKAWINAN” lengkap rias pengantin + dekorasi + foto digital. Hub: 024-70427892

TERIMA Pijat Refleksi tradisional capek dan totok wajah. Hub: Wahyu 085725715951 (ada tempat)

PEMBIAYAAN

0990/IKL/R/XI/03/11

MELAYANI segala perawatan massage dan lulur. Panggilan. Hub: RINA- 024 70203835

0866/IKL/PR/VI/09/11

RUMAH DIJUAL

1005/IKL/R/XI/22/11

TTS HARSEM 1

1021/IKL/R/XII/12/11

TRANS JAYA Shuttle Smg-Jog 45rb, Travel Smg – Pwt 65rb, rental elf/dutro lux 2011, Hub: 082136363678

SEDOT lintah, gurah, rapetkan V, ED, Bekam, Telat bln, K-prawan, L sahwat. Kons: Raketkan pasgn, menata aura, buang sial Gayamsari IV/22 Majapahit Smg 6706083

0867/IKL/PR/VI/09/11

LES PRIVAT KILAT : Terapi Telinga, buka Aura, Terapi Energi Bio ( Bersihkan neg dalam tubuh) 085842763159

SALON

RENTAL MOBIL harian/blnan. ELF, Ravelo, Avanza, Xenia, dll. Hub: 02474046753 / 081229044750

0990/IKL/R/XI/03/11

0999/IKL/R/XI/11/11

HILANG STNK NP . H 2671 PZ an. Setu Jl Candi Losmen Rt 3/9 Candisari Smg

024-91507718

RENTAL/TRAVEL

PIJAT Refleksi semua jenis penyakit sukarela dgn herbal. Hub. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

DIBUTUHKAN 300 karyawan untuk perkebunan sawit, upah harian, bonus premi, mess, sembako, klinik gratis, jamsostek Hub. 081237225459 / 085651031888

JUAL MOBIL MITSUBISHI L300 DP BOX 1996 COKLAT ABU-ABU H 1853 WH. Hub: PT Artha Asia Finance 024-6700787

1037/IKL/R/XII/28/11

1034/IKL/R/XII/22/11

1029/IKL/R/XII/16/11

DAHSYATNYA INVESTASI FOREX!profit 2,5 juta/hari selama 250 hari (Modal Min.500rb) INFO? www.starttexas.com. ATAU? SMS “PETUNJUK” Hp 081905109444

PENDIDIKAN

DIJUAL MOBIL Mitsubisi Lancer’88 Plat H, hitam full variasi an sendiri pjk pjg Hub: 08562680116/085640178475 hrg 26 jt

HILANG STNK an Purtomo Jl Brumbungan Semarang merk Yamaha

0001/IKL/R/I/04/112

USAHA Sampingan penghasilan 850rb - 5 Jt/ hari bersama PT. MNI hub. 085865007194

1011/IKL/R/XI/25/11

MOBIL DIJUAL

1038/IKL/R/XII/28/11

1035/IKL/R/XII/22/11

PELUANG USAHA

Lamaran ditujukan ke: Jl. Puspowarno I/20 Semarang

1039/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 5249 TR an. Febby Irawan, Rasamala Raya No.94 RT.5/5 Banyumanik SMG

024-3512771

0965/IKL/R/IX/20/11

HILANG STNK NP. H 3023 TW an. Ari Susanto, Jl. Candipawon TMR 1/32 Manyaran SMG

HILANG STNK NP H 3732 JH an. Ari Susanto, Perum Suhada Permai No.9 SMG

0886/IKL/PR/VIII/10/11

MAU PUNYA Usaha sendiri? Gabung dgn minuman teh siap saji GOOD TEA Hub: 081228397779 / 085842174777

DIBUTUHKAN BEBERAPA

0660/IKL/R/VIII/27/11

LAIN-LAIN

Johar

SUZUKI SMASH Titan subsidi sampai 1,1jt DP 750rb angs 390rb Hub Lely 08563396086 SUZUKI MAJAPAHIT

0988/IKL/R/XI/03/11

ES BUAH PALING ENAK Se-kota Semarang es buah “ DIRAJA” Putra es Kobar Solo

HILANG STNK NP. H 3293 SZ an. Andrias Budi S, Pudakpayung RT.3/3 Banyumanik SMG

SPOT 8.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.000,-/mmk

GLOBAL MANDIRI, Dis. Tunggal "Maturo Soya” (baru buka cab. Semarang)

1047/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP . H 3092 P an Suratman, Tambak Mulyo RT.06/15 Tanjungmas SMG

BW 7.500,-/baris 5.500,-/mmk 5.500,-/mmk 5.000,-/mmk

MOTOR DIJUAL

Fasilitas: Gaji, transport, bonus, dll. Min Rp 3-10 jt/bl. Pasti dan jenjang karier luas.

1048/IKL/R/XII/29/11

JENIS IKLAN Display Pendidikan Display Keluarga Display Sosial Display Duka Cita

Website’s: www.hariansemarang.com Blog: http://hariansemarangbanget.blogspot.com Email: hariansemarang@yahoo.co.id

BUTUH UANG/BPR

0812/IKL/PR/IV/27/11

6

SABTU, 7 Januari 2012

1. D. Soehardjono Wignyoatmodjo, Jl. Wisanggeni 05 Rt 02/V, Dukuh - Sidomukti - Salatiga 2. Hendro, Jl. Bulu Magersari V/210, Semarang

3. 4. 6. 7. 9. 12. 13. 15. 16. 18. 19. 22. 23. 25.

Suka, Senang Rasa Ingin Yang Keras Baca (Inggris) Ampas Keras Kepala, Sewenang-Wenang Bisikan Kalbu Pegawai Negeri Sipil Senang Penutup Mobil Laga Jalur Seperti Tinta (Inggris) Caci Maki Rasanya Asin Perusahaan Air Minum

27. Bui 31. Resmi 32. Badminton Asosiation Malysia 33. Sarung Tinju Emas 34. Peta 35. Brigade Mobil 37. Tempat Pakaian 38. Tidak Takut 39. Dengan (Logat Betawi) 40. Anak (Jepang) 41. Perbandingan 44. Seteru, Lomba 46. Dara, Perawan 47. Rumah Sewa Mahasiswa 48. Sangat


INTERNASIONAL HUKUM & KRIMINAL PERISTIWA 21 Anggota Resmob Terima Penghargaan SEBANYAK 21 polisi dari Unit Resmob Polres Semarang, belum lama ini menerima piagam penghargaan dan tali asih dari Kapolres Semarang AKBP IB Putra Narendra. Penghargaan yang diberikan saat apel pagi tersebut di antaranya atas prestasi anggota Unit Resmob, yakni tim penyelidikan dan penyidikan yang berhasil mengungkap kasus pembunuhan di penginapan Alam Hijau, Bergas, Kabupaten Semarang. “Penghargaan dan tali asih ini sengaja diberikan untuk memotifasi kinerja anggota, terutama bagi mereka yang bisa mengungkap kasus dengan cepat,” kata Kapolres. Meski demikian, Kapolres meminta kepada anggota yang menerima penghargaan tersebut agar tidak bersenang-senang. Pasalnya, ke depan mereka masih dituntut banyak tantangan, utamanya tentang pengungkapan kasus. Untuk itu Kapolres meminta anggota Unit Resmob agar lebih bersemangat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. “Bagi mereka yang belum mendapatkan penghargaan diharapkan bisa lebih terpacu kinerjanya. Masih banyak tantangan tugas dan tanggungjawab di masa mendatang. Untuk itu kami minta agar semua anggota lebih bersemangat dalam menjalankan tugas. Dan kami akan selalu berusaha memberi motifasi,” tegas dia. (ino/gus)

77 7

senin, 15 november 2010 sabtu, 7 Januari 2011 SABTU, 13 Agustus 2011

Korupsi Mobil Sedot Lumpur

Kejari Tetapkan Dua Tersangka Baru Oleh Abdul Mughis Setelah menahan mantan Kepala Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang, Fauzi dan kontraktor dari PT Sinar Bumi Yogyakarta. Kejari menetapkan dua tersangka lagi korupsi pengadaan mobil sedot lumpur.

L

Agi-lagi Kejari menetapkan tersangka baru dugaan korupsi pengadaan mobil sedot lumpur Dinas PSDA/ESDM Kota Semarang. Dan sedikitnya jumlah tersangka baru ada dua orang, yakni GS dari internal PSDA/ ESDM dan BT yang merupakan salah satu rekanan dalam proyek tersebut. Demikian dikatakan Kajari Semarang, Ranu Mihardja, Jumat kemarin. “Bahwa bukti pendukung sudah kuat dan Kejari menetapkan dua tersangka lagi hari ini,” ungkapnya yang dengan didampingi Kasipidsus Sugeng Riyanta. Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Kejari telah menahan Mantan Kepala Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang,

Fauzi dan kontraktor dari PT Sinar Bumi Yogyakarta (SBY), Arif Riyanto. Saat ini keduanya menempati sel di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IA Kedungpane Semarang, meski Kejari belum menahan dua tersangka baru lagi, yakni GS dan BT. “Setelah ini kami akan melakukan pemanggilan sebagai tersangka, dan sekaligus pemeriksaan. Yang jelas kita lihat nantinya jika perlu untuk ditahan ya akan kami tahan,” imbuhnya. Sementara selain penetapan dua tersangka baru, Kejari juga menyita mobil pribadi Fauzi. Mobil tersebut juga diduga digunakan sebagai sarana untuk melakukan tindak pidana korupsi.

Berdasarkan catatan, proyek pengadaan mobil sedot lumpur ini didanai APBD Kota Semarang TA 2010. Dan pagu anggarannya mencapai Rp 3.811.000.000 dengan nilai proyek mencapai Rp 3.550.000.000 untuk satu unit mobil rakitan. Sementara mobil difungsikan untuk mengatasi pendangkalan di saluran air. Akan tetapi kenyataannya, barang yang diserahkan di akhir proyek tak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dalam kontrak. Hal ini yang menjadikan sebagai dugaan munculnya kasus kosrupsi pengadaan mobil sedot lumpur Dinas PSDA/ESDM Kota Semarang mencuat.

(gus)

sambungan berita halaman 1 KPK Kembali ...

Mobil ATM ... “Kami masih memeriksa saksisaksi, tunggu saja pengembangan penyelidikan,” lanjutnya singkat. Sehingga pertanyaan apakah senjata milik petugas kepolisian yang ikut mengawal uang ATM itu dirampas atau tidak, belum terjawab. Hingga sore kemarin, empat saksi mata dalam aksi perampokan “misterius” tersebut masih diperiksa secara intensif. Di antaranya sopir, Guntur (37); staf pengisian ATM Chairul Anam (24), warga Jagangan RT 01/RW 05, Cebongan, Argomulyo, Salatiga; Suyadi (29), warga Kudu, Genuk, selaku satpam PT Andalan Artha Lestari; dan Bripka Eko SW, anggota Sabhara Polrestabes yang merupakan petugas pengawal mobil pembawa uang. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, sebelum kejadian perampokan Kamis (5/1) malam di Apotek Bina Sehat itu, mobil pembawa uang ATM, Daihatsu Gran Max H 1775 LW, yang ditumpangi berisi empat orang yang saat ini menjadi saksi, berangkat pukul 21.30 dari kantor Jalan Majapahit 412 A. Saat keluar dari kantor, mobil membawa uang sebesar Rp 4,2 miliar, yang kemudian diisikan di dua mesin ATM di daerah Plamongan dan Kedungmundu. Sekitar pukul 23.15, mobil diparkir di depan ATM Apotek Bina Sehat, Jalan Kalimas Raya. “Di dua mesin ATM Tanah Mas telah diisikan masing-masing Rp 690 juta,” beber Chairul Anam. Tak lama kemudian, tibatiba para pelaku datang dengan mengendari mobil Kijang Innova

warna hitam dan langsung menodongkan laras panjang ke Bripka Eko. Anam mengaku tidak mengetahui persis jumlah pelaku. Namun yang pasti ada pelaku berpenutup wajah menodongkan senjata api.

datang dipimpin langsung Kapolrestabes Kombes Elan Subilan. Petugas segera mengumpulkan keterangan saksi-saksi.

Mobil Diambilalih Dikatakannya, perampokan tersebut terjadi dalam tempo singkat. Kala mesin mobil pembawa uang masih dalam kondisi hidup, Anam masuk ke bilik ATM dikawal satpam. Sementara dua orang lagi, yakni sopir dan pengawal, Bripka Eko masih berada di dalam mobil. Tiba-tiba terdengar teriakan “tiarap, tiarap”, ketika pelaku menodongkan laras panjang ke Bripka Eko, sambil memaksa keduanya turun dari mobil. Polisi dan satpam tersebut tidak bisa berbuat banyak saat para pelaku mengambilalih mobil berisi uang Rp 2,4 miliar dan dibawa kabur ke arah Tambaklorok. “Eko kemudian berusaha mengejar pelaku dengan menggunakan sepeda motor Honda Scoopy H 4152 FP milik warga Tambakmas, bernama Suryo Jani (52), yang saat itu kebetulan hendak mengambil uang di ATM tersebut,” tambah Anam. Namun anehnya, sesaat kemudian Bripka Eko kembali ke lokasi kejadian dalam kondisi terluka di bagian pelipis kiri, yang menurut pengakuannya dipopor senjata laras panjang oleh pelaku saat melakukan pengejaran. Peristiwa ini pun langsung dilaporkan ke Polsek Semarang Utara dan Mapolrestabes. Tak berapa lama, petugas gabungan

Ditemukan di Tambakmulyo Sekitar satu jam setelah kejadian, mobil Gran Max pembawa uang ATM itu ditemukan terparkir di depan kompleks Yayasan Taqwiyatul Wathon, Jalan Tambakmulyo, Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara. Informasi berasal dari Agus Setiawan (27), security PT Andalan Artha Lestari, warga Tambaklorok RT 08/RW 11 yang baru pulang kerja. Di lokasi tersebut, unit identifikasi dan olah TKP melakukan pemeriksaan. Polisi berusaha mencari sidik jari pelaku. Setelah diperiksa, uang di dalam mobil itu sudah raib. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng Kombes Pol Bambang Rudi Pratiknyo mengatakan, Bripka Eko SW membawa senjata saat melakukan pengawalan. Namun senjata tersebut tidak sempat digunakan, karena sudah ditodong oleh perampok. Pada dinihari itu juga, terlihat beberapa anggota Polrestabes yang membawa senjata laras panjang satu persatu dikumpulkan di Mapolrestabes untuk dilakukan pemeriksaan. Sementara Bripka Eko SW saat ditanya wartawan meyakini kalau pelaku adalah oknum petugas, karena saat terjadinya perampokan dia tidak dieksekusi atau dibunuh. “Saya yakin pelakunya oknum, karena kalau bukan, saya pasti sudah mati ditembak,” ujar Eko SW sambil berlalu. (dnr)

pacar di SMK Negeri 4 ini. Chief Security RSUP Dr Kariyadi Suyitno mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari petugas parkir, Setiyo. Dia melihat gerakgerik pelaku yang mencurigakan, kemudian terus dipantau, dan ternyata benar mengambil helm milik pembezuk.

“Petugas parkir mengetahui sejak pelaku masuk di areal parkir. Sementara motor beserta helm itu telah ada di parkiran sejak semalam,” tutur Suyitno. Hingga sore kemarin, pelaku masih dimintai keterangan di Mapolrestabes untuk proses hukum lebih lanjut. (abm/dnr)

Jam Sekolah ... Terbukti mencuri, para pengunjung yang turut menginterogasi pun tak sabar memberi “pelajaran” kepada pelaku hingga babak belur. “Rencananya mau saya jual ke PKL Kokrosono. Dulu saya pernah menjual helm milik saya sendiri seharga Rp 50 ribu,” ujar pria yang mengaku mempunyai

Selain mereka, penyidik KPK juga kembali memeriksa Walikota Soemarmo HS di gedung serbaguna kompleks Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Orang nomor satu di Kota Semarang ini diperiksa sebagai saksi. Usai menjalani pemeriksaan selama sekitar satu jam, antara pukul 10.00-11.00, Soemarmi langsung meninggalkan ruangan dan masuk ke mobil Toyota Innova hitam bernomor polisi H 9518 VA tanpa memberikan keterangan apa pun kepada wartawan. Sebelumnya KPK juga kembali melakukan pemeriksaan pada Kepala DPKAD Yudi Mardiana, Kepala BKD I Made Agung, Kepala DTKP Eko Cahyono, Kepala Disdik Bunyamin, dan Sekretaris DPRD Ngartiyono. Dari kalangan anggota dewan, pemeriksaan juga dilakukan terhadap Novriadi dari Fraksi Demokrat dan Yearzy Ferdian dari PAN, serta salah seorang pegawai dari Hotel Novotel. Hanya Sebentar Saat dikonfirmasi, Sriyono mengatakan dirinya datang sekitar pukul 10.00. Hanya sebentar, sesudah itu pemeriksaan dihentikan untuk melaksanakan sholat Jumat. ”Saya baru ditanya empat pertanyaan,” ujarnya, sesaat sebelum sholat Jumat. Empat pertanyaaan yang diajukan kepada Sriyono, seputar pembahasan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2012 Kota Semarang senilai Rp 100 miliar. ”Saya jawab, TPP sudah ditetapkan. Sesuai aturan TPP memang diperbolehkan,” paparnya.

Suasana pemeriksaan oleh KPK, kemarin HARSEM/DOKUMENTASI

Selain tentang TPP, dia juga ditanya soal mekanisme pembahasan APBD. Seperti diketahui, KPK menangkap tangan dua anggota DPRD, Agung Purno Sarjono dan Sumartono, serta Sekda nonaktif Akhmat Zaenuri di halaman kantor DPRD pada Kamis (24/11) siang lalu. Dua legislator yang ditangkap tersebut, saat ini mendekam di sel tahanan Mapolda Jateng, sedangkan tersangka Akhmat Zaenuri menghuni sel tahanan Mapolrestabes Semarang dengan status tahanan titipan KPK. Dalam penangkapan itu, KPK juga menyita sejumlah amplop berisi uang yang diduga digunakan untuk bertransaksi. (pru/abm/dnr)

Mekanisme Pemakzulan ... Di Indonesia, kata dia, sudah jelas seorang kepala daerah harus mengangkat sumpah sebelum menduduki jabatannya. Manakala melanggar sumpahnya, maka dapat diberhentikan dengan cara dan mekanisme tertentu yang tidak terlalu susah. Dalam Islam, tambahnya, pemakzulan dibenarkan jika seorang kepala daerah sungguh-sungguh telah melanggar sumpah ataupun persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya. “Korupsi yang sangat jelas kemadlaratannya, saya kira merupakan alasan yang sangat tepat untuk memakzulkan. Sekali lagi tanpa melalui konspirasi, melainkan memang ada mekanismenya,” lanjutnya. Jika kepala daerah benar-benar melakukan korupsi, mekanisme pemakzulannya harus jelas dan tidak dengan konspirasi politik. Kalau melakukan sesuatu yang tidak disukai kebanyakan orang, tapi tidak melanggar hukum yang dibuktikan pengadilan, artinya tidak memenuhi syarat dan ketentuan, maka tidak dibenarkan memakzulkannya. “Agar ada kepastian hukum dan tidak menimbulkan kekacauan,” tegasnya. Yang perlu segera dibenahi, mekanisme

pelengserannya. Yaitu mudah dilaksanakan, tidak berteletele dan murah biaya. Pecah Kongsi Wakil Dekan I FH Unissula Jawade Hafidz yang menjadi pembicara berikutnya, mengungkapkan realita pecah kongsi atau konflik antara kepala daerah dan wakilnya yang kebanyakan disebabkan faktor korupsi. Hal tersebut menurutnya merupakan “bom waktu”, karena cepat atau lambat pasti akan ada yang jatuh akibat konspirasi politik yang dibuat untuk meraih kekuasaan baru di tengah “air yang keruh.” Dikatakan Jawade, paket kepala daerah yang dibangun atas dasar kepentingan politik praktis ternyata tidak efektif, tidak bisa bertahan sampai akhir masa jabatan. Hal itu tak bisa lepas dari godaan pihak ketiga yang punya agenda tertentu dengan mengatasnamakan pemberantasan korupsi. “UU yang mengatur pemilihan kepala daerah secara paket mendesak direvisi, mengingat mayoritas kepala daerah dan wakilnya pecah kongsi sebelum maupun setelah satu periode memimpin,” tuturnya. (moi/dnr)

(Mantan) Suamiku ... Kadal ternyata tipe lelaki bengis yang menganggap wanita makhluk rendahan. Suka berkata kasar, mencaci-maki, bahkan menampar. Sedikit saja ada cekcok di antara mereka, tangan Kadal ringan memukuli Anisa. Sudah begitu, dia suka hurahura dan keluyuran tanpa memikirkan nafkah keluarga. Anisa bertahan dalam kekerasan itu hingga empat tahun lamanya. Karena sudah tidak tahan, tahun lalu Anisa menggugat cerai suaminya. Jutaan rupiah dia keluarkan

untuk membiayai upaya hukumnya tersebut. Dia pikir, lebih baik hidup sendiri daripada bersuami tapi menderita lahir batin. Tragisnya, setelah lama berpisah, dia mendapat siksaan batin berikutnya. Anaknya, sebut saja Lanang (3), lima bulan lalu diculik Kadal saat bermain di halaman rumah. Setelah bercerai dan kemudian kembali ke rumah orangtuanya, Anisa memang belum mengurus hak asuh anaknya. Dia tidak tahu hukum memberi perlindungan atas hal

itu. Tak lain lantaran Anisa sibuk dengan pekerjaannya sebagai asisten manager sebuah perusahaan swasta di Semarang Barat. Terlihat Kurus Anisa sangat sedih tidak diperbolehkan bertemu dengan Lanang oleh keluarga Kadal. Terakhir ia bertemu, anak kesayangannya itu terlihat kurus. Dan bahkan sudah agak lupa dengannya. Dia menduga anaknya dipengaruhi oleh keluarga Kadal untuk

membencinya. Karena menurutnya anak sekecil Lanang pastilah sangat mudah untuk dipengaruhi. Apalagi untuk sekadar melupakan ibunya. Janda muda ini harus mondar-mandir mengurus sendiri hak asuh anaknya. Dia hanya minta keadilan. Hak asuh Lanang diserahkan kepadanya. Karena umur Lanang yang masih kecil dan sangat membutuhkan figur ibu. Dan Anisa tak percaya Kadal mampu merawat anaknya itu. Karena sejak awal kehamilan Kadal tidak

pernah memedulikan kandungan istrinya. Kuat dugaan Kadal hanya ingin memisahkan anak dari ibunya, bukan karena sayang. Anisa mengaku tidak akan berhenti hingga perkaranya tuntas. “Saya akan berjuang hingga titik darah penghabisan,” katanya sambil menahan emosi. Meski telah empat kali menghadiri sidang hak pengasuhan anak hingga kemarin, dia belum mendapat kepastian karena majelis hakim belum memutuskan. (ichwan/dnr)


sepak

SABTU, 7 Januari 2012

GAM

Oleh Tri Wuryono Setelah jeda musim dingin perburuan gelar La Liga dan Serie A kembali dibuka, akhir pekan ini. Start bagus di awal tahun, bakal menjadi bekal berharga di akhir musim.

UKUM & KRIMINAL

L

IGA Inggris boleh saja tak mengenal libur musim dingin. Tapi, dua kompetisi terakbar di Benua Biru, La Liga Spanyol dan Serie A Italia, baru akan digelar akhir pekan ini, setelah menjalani rehat selama dua pekan. Dua kekuatan di Liga Spanyol, Real Madrid dan Barcelona kembali terlibat persaingan sengit untuk menjadi penguasa di Negeri Matador. Sebelum jeda musim dingin, El Real masih bertakhta di puncak klasemen dengan keunggulan tiga angka atas Barcelona. Di partai terakhirnya, Los Blancos suksea mencatatkan kemenangan sensasional 6-2, ketika bertamu ke markas Sevilla, 17 Desember lalu. Namun, saat menjalani partai di Copa Del Ray, tengah pekan kemarin, El Real sempat tertatih-tatih, sebelum akhirnya unggul 3-2 atas Malaga. Partai pertama Los Merengues di La Liga pada 2012 akan dijalani dengan menjamu tim promosi Granada, Minggu (8/1) dinihari WIB. Dengan fakta bahwa pada 25 Oktober lalu Barca hanya bisa menang 1-0 atas Granada, Cristiano Ronaldo cs mesti berhati-hati agar tidak terpeleset. Jika Madrid gagal meraih poin penuh maka Barca yang kini duduk di posisi dua dengan poin 37, terpaut tiga angka dari seteru beratnya itu, niscaya siap mencuri peluang. Azulgrana melakoni partai terakhir La Liga di 2011 dengan mempecundangi Madrid 3-1 di Bernabeu pada 10 Desember lalu. Setelah itu, Lionel Messi cs sukses menggenggam kampiun Piala Dunia Antarklub di Jepang, dengan melumat wakil Amerika Latin Santos, 4-0. Skuad racikan Pep Guardiola bakal memulai partai La Liga di 2012 ini dalam derbi barcelones, kontra Espanyol di Cornellà-El Prat, Senin (9/1) dinihari WIB. Musim lalu Barca memang berhasil menang 5-1 di tempat yang sama. Tetapi tim Pep Guardiola tetap tak boleh kehilangan fokus mengingat pada musim 2009-10 juga pernah tertahan 0-0 di markas Espanyol.

ITIS

Dendam Bianconeri Sementara, di Liga Italia Serie A, Juventus masih menyimpan penasaran pada AC Milan yang mengkudeta sebagai capolista sebelum jeda musim dingin lalu. I Bianconeri yang menjadi pemuncak klasemen dalam beberapa pekan, harus merelakan posisi teratas ketika tak

mampu menang di markas Udinese, pertengah Desember lalu. Meski memiliki poin sama, 34, Juve kalah dalam produktivitas gol, sehingga Milan berhak sebagai capolista. Nah, Si Nyonya Tua bakal memulai kampanye perburuan scudetto di 2012 ini dengan menyambangi Via Del Mare, markas Lecce. Di atas kertas, Giallorossi—sebutan Lecce—masih di

4

harian semarang

16

harian semarang

8

bawah Juve. Ruben Oliviera cs masih terbenam di dasar klasemen dengan sembilan angka. Tapi, Lecce tetap berpotensi menyulitkan Si Nyonya Tua. Musim lalu, mereka sukses mempecundangi La Vecchia Signora dengan skor 2-0. Di saat bersamaan, AC Milan akan mengawali misi mempertahankan capolista dengan menyambangi markas Atalanta, Minggu (8/1) malam WIB, dalam partai giornata

17 Seri A Italia. Skuad asuhan Massimilano Allegri ini lebih diunggulkan dari tuan rumah yang kini menghuni posisi 11 klasemen. Statistik pertemuan kedua tim juga lebih berpihak pada Milan. Dari lima pertemuan terakhir, Milan memenangi tiga di antaranya, sekali dimenangi Atalanta dan sekali berakhir imbang. Siapakah yang akan tergelincir di awal tahun?

JADWAL SIARAN LANGSUNG

Waspadai ‘Amarah’ Setan Merah DERBI Manchester bakal tersaji di Etihad Stadium pada babak ketiga Piala FA, Minggu (8/1). Manchester United punya kesempatan membalas kekalahan menyakitkan saat dilibas City 1-6 di Old Trafford, Oktober silam. Namun, dengan kondisi terkini kedua tim, Setan Merah dianggap sulit melampiaskan dendamnya pada rival sekota. Hasil terakhir yang digapai kedua tim dalam lanjutan Liga Primer, tengah pekan kemarin, bisa dijadikan acuan. Di saat Citizens berpesta kala melumat Liverpool 3-0, United justru disikat Newcastle United dengan skor identik. Bekal pertama City tentu saja nC TV, ngSung M kepercayaan diri yang tinggi setelah HARSEM/REUTERS Siaran la /1), 20.00 WIB mereka berhasil kembali sendirian MINGGU (8 memuncaki klasemen Liga Inggris. Kemenangan telak atas Liverpool dan dibarengi tunduknya MU atas Newcastle United membuat jarak antara duo Manchester itu kini terpaut tiga angka. Soal diunggulkannya City untuk laga tersebut juga terlihat dari rumah taruhan di Inggris, yang menjagokan pasukan Roberto Mancini bisa lolos ke babak berikutnya. Kalau ada tim yang merasa dirugikan dengan hasil drawing, maka itu adalah MU. Namun, manajer City Roberto Mancini memperingatkan timnya untuk mewaspadai Manchester United yang sedang ”terluka” usai menelan dua kekalahan beruntun. Ia menyebut lawannya itu justru akan lebih kuat. Sebelum takluk dari Newcastle, Kamis (5/1) dinihari WIB, MU juga tunduk 2-3 dari Blackbur, empat hari sebelumnya. Dua kekalahan itu tak lantas membuat Mancini meremehkan tim besutan Sir Alex Ferguson itu. Ia menilai rentetan hasil buruk itu justru akan membuat MU lebih kuat. ”Derbo selalu sulit dan saat ini mungkin akan lebih sulit karena United akan sangat marah usai dua kekalahan beruntun. Mereka selalu lebih kuat setelah kalah, dan untuk alasan itu laga ini akan jadi laga yang sulit,” tutur Mancini di The Mirror. Tahun lalu City memenangi pertarungan dengan MU di Piala FA, ketika itu di babak semifinal. The Citizens melaju ke final usai menang dengan skor tipis 1-0. (twu)

LA LIGA

SERIE A

TvOne Minggu, 00:00 08 Januari 2012 Levante vs Mallorca Minggu, 02:00 08 Januari 2012 Real Madrid vs Granada Minggu, 04:00 08 Januari 2012 Malaga vs Atletico Madrid Minggu, 22:00 08 Januari 2012 Getafe vs Athletic Bilbao Senin, 00:00 09 Januari 2012 Villarreal vs Valencia Senin, 03:30 09 Januari 2012 Espanyol vs Barcelona

Indosiar Minggu, 02:45 08 Januari 2012 Inter vs Parma Senin, 02:45 09 Januari 2012 Palermo vs Napoli

Liverpool dan City Berebut Winger Birmingham

HARSEM/REUTERS

harian semarang

PANAS DI AWAL TAHUN

Piala FA

Nathan Redmond

58

HARSEM/REUTERS

LWALKOT

harian semarang

LIVERPOOL semakin gencar melakukan peremajaan skuad. Setelah sukses menggaet penyerang muda berusia 16, Jordan Ibe, The Reds mencoba menyaingi Manchester City untuk mendapatkan winger Birmingham City, Nathan Redmond. Redmond disebut-sebut sebagai salah satu bintang masa depan The Three Lions. Seperti yang dilansir The Times, Redmond dihargai sebagai salah satu prospek terbaik lulusan akademi Birmingham. Manajer Chris Hughton berharap pihak klub dapat menjauhkan kejaran dari dua raksasa Liga Premier Inggris tersebut. Diyakini jawara Liga Championship tersebut akan mematok banderol sekitar 142 miliar rupiah untuk pemain muda mereka tersebut apabila memutuskan untuk melepasnya di jendela transfer Januari. Manchester City berharap kali ini mereka bisa sukses membujuk Redmond setelah sempat gagal mendatangkan eks penyerang muda Wycombe Wanderers, Jordan Ibe, untuk datang ke Etihad Stadium. Liverpool pun berharap dapat memenangkan kembali perburuan untuk mendatangkan Redmond setelah sukses menggaet pemain muda menjanjikan berusia 16 tahun tersebut. Pemain sayap asli Inggris ini menjadi pemain muda kedua klub yang melakukan debut setelah Trevor Francis yang tampil untuk tim utama klub di ajang Piala Liga pada usia 16 tahun 173 hari di bulan Agustus 2010. (twu)

INBOX SABTU “TATOOS FREAK”, dimeriahkan oleh Inzomnia band dari Jakarta dan SQ sexy dancer bisa dinikmati mulai 20.00 s/d 03.00,bebas tiket masuk dan free SQ cocktail untuk Ladies ,room karaoke diskon 50% buka mulai jam 13.00 s/d 20.00 MINGGU “Night of the Stars”,with VAGANZA BAND bisa dinikmati mulai 20.00 s/d 03.00,bebas tiket masuk untuk Ladies,dapatkan promo cukup dengan Rp.80.000 nett dapat menikmati SQ cocktail sepuasnya,room karaoke diskon 50% buka mulai jam 13.00 s/d 20.00

PIALA FA MNCTV Minggu, 20:00 08 Januari 2012 Man City vs Manr United


semarang banget saBtU, 7 JanUarI 2012

Dia baru saja mendapat gelar baru sebagai Manusia Beton, lewat aksi gilanya dikubur cor beton semen seberat 2 ton selama 12 jam, tepat di malam pergantian tahun 2011-2012. Siapa sejatinya sosok misterius ini? Apa rahasia kekuatannya?

kekuatan li m b a d

s

n a n i k a y ke

EBAGAI seorang pesulap Indonesia yang mengawali debutnya sejak sMa, popularitas limbad semakin menanjak tatkala ia dinobatkan sebagai Master Magician dalam acara The Master yang ditayangkan stasiun RCTI. Di setiap penampilannya, limbad konsisten dengan alirannya, faqir magic, sebuah aliran yang selalu menampilkan adegan-adegan ekstrem yang nggegirisi dan memancing ketegangan. atraksi-atraksi yang disuguhkan limbad adalah atraksi-atraksi yang diadaptasi dari Criss angel dalam acara yang berjudul Criss Angel Mindfreak. salah satu buktinya adalah atraksi dilindas buldoser dan atraksi saat digantung dengan helikopter. atraksi tersebut telah ditayangkan di sebuah stasiun tV amerika serikat dalam Criss Angel Mindfreak musim 3, 2007 silam. Dari hasil pernikahannya dengan susi Indrawati, limbad dikaruniai tiga orang putra/putri, masingmasing Muhammad Mahardika, Gina, dan kesya. keluarga ini sebelumnya menetap di Desa Dukuhwringin, kecamatan slawi, kabupaten tegal. namun kini, setelah menandatangani “kontrak bisu” dengan salah satu stasiun televisi nasional, limbad beserta istri dan putri bungsunya pindah di bilangan Meruya, Jakarta Barat. selain para asistennya, susi Indrawati merupakan juru bicara yang menyampaikan pemikiran limbad kepada media cetak dan media elektronik.

dimulai limbad sejak duduk di bangku kelas VI sekolah Dasar (sD). sejak itulah, pria asli tegal ini tidak pernah mengganti hobinya dengan makanan lain. sebagai pelengkap bersantap, limbad juga menyediakan ikan asin dan sambal pedas racikannya. apakah makanan-makanan favoritnya tersebut sebagai rahasia kekuatannya? ”Dia itu punya mental dan tekat yang kuat. keyakinan tentang kemampuannya nggak bisa ditawar. sekali punya kemauan, dia selalu yakin bisa menuntaskannya,” ujar susi Indrawati, istri sekaligus juru bicara pribadinya. ”Itulah rahasia kekuatan Mas limbad.” lepas dari rahasia di balik kekuatannya yang menakjubkan, ada yang menarik di setiap penampilan limbad. Dia selalu membawa burung hantu bernama Burhan. nama itu merupakan kependekan dari kata ”burung hantu.” Menurut pengakuan limbad, burung hantu itu ia temukan sepuluh tahun silam, dalam keadaan hampir mati, di sebuah hutan. Oleh rasa kasihan, limbad merawat burung itu hingga sekarang. Oleh panggemar limbad (Limbaders), burung hantu itu dinamai limbird. sebelum limbad terkenal seperti sekarang ini, dia adalah seorang penasihat spiritual untuk instansi Markas Besar komando Pengendalian stabilitas ketahanan nasional dan Pengendalian Pers Informasi negara. Di kartu namanya tertulis, Prof Dr limbad sH. Limbad yang juga seorang produser film misteri, Tumbal Jenglot ini mendapatkan gelar doktor honoris causa dari Universitas kesejahteraan Muslim Indonesia di Depok. sedangkan gelar sarjana Hukum ia rengkuh dari Universitas Pancasakti.

HARSEM/ISTIMEWA

Mbah Liem latar belakang limbad memang semisterius sosoknya. apalagi, saat sebelumnya dia juga sempat menyandang nama Mbah liem, dan menjadi Sayur Asem dukunnya mantan Bupati kutai kertanegara syaukani Hr. kala syaukani terjerat Makan tanpa garam pasti terasa kasus korupsi aPBD kabupaten kutai kertanegara yang merugikan negara hambar. Bagi Master limbad, sebesar rp 103 miliar, Mbah liem tampak setia menemani di setiap persidangan makan akan terasa hambar bila sang terdakwa. tidak ada sayur asem. Bagi pria setelah berhasil menjadi Juara kedua di ajang The Master season 2, limbad kelahiran 1972 ini, sayur --yang kemudian bergelar Master-- di depan namanya mulai banyak tawaran asem merupakan makanan manggung sebagai pesulap. namun, ia juga masih memiliki mimpi membuat kaya gizi serta berisi sinetron dengan suasana mistis. salah satu jalan menuju mimpinya itu adalah bahan-bahan alami saat dia menyabet tawaran tampil di sinetron Tarzan Cilik. di dalamnya. Terakhir, aksinya bersama Deddy Corbuzier dalam film The Mentalist (2011) kesukaannya diklaim seru dan menegangkan. Hal ini dikarenakan pada sayur asem dalam film arahan Walmer Sitohang itu keduanya melakoni pertarungan tanpa trik kamera. namun, selain kabar kesuksesan di jagad extreme magic-nya, muncul juga kabar tak sedap seputar Master limbad. Faqir Magician ini dikabarkan menjiplak salah satu tokoh dalam film The Crow. sosok dengan rambut panjang, pendiam, Limbad Nama menyeramkan, dan membawa seekor burung (gagak) Tegal, 6 Juli 1972 KelahiraN di pundaknya. keduanya nyaris tanpa beda. sangat Magician mirip. Profesi ati kontroversi juga sempat mencuat seputar raw Ind i Sus istri ya anggapan bahwa aksi-aksi yang ditampilkan Master Kes , a Gin , a dik Muhammad Mahar aNaK limbad lebih cocok disebut debus ketimbang art of zan Cilik, Baim Anak Soleh siNetroNografi Tar magic. tapi lelaki ini bergeming. sosoknya tetap Mentalist (2011) Maling Kutang (2009), The misterius, meski berbeda seperti saat ia mengaku filmografi sebagai si Mbah liem. Dia tak lagi banyak berkataHP Mito Iklan 2 kata, bahkan digambarkan sebagai magician ”bisu” son sea r ste kan Ma ma Juara Kedua The n 20 meter tanpa • PrestasI di atas tower berketinggia jam 20 a lantaran kelewat irit omong. am sel s diri stu ber Agu or Pemegang rek • Minggu-Senin, 23-24 Record (Ultah ke-20 RCTI, k Boo sukses sebagai Master limbad, Mbah liem sia one Ind i dar , dan minum tak tampak lagi di persidangan-persidangan. w Dra al Fin ut 2009) 24 jam untuk menyamb human aquarium selama am dal sekarang Master limbad justru wara-wira show di or rek ng ega Pem • 2009) arakan RCTI (3 Desember ngg 12 ele a dis am dan nongol di layar kaca jadi bintang iklan g sel yan ia ton 2 t Dun era la Pia cor semen (beton) seb on” ubur hidup-hidup dengan Bet dik ia or nus sebuah ponsel dengan tagline: “HP-nya Master rek “Ma ng u ena bar ar Pem gel • hak atas un Baru 2012, sehingga ber Limbad.” n dwi nr/dnr Jam untuk menyambut Tah

b

ni hao ma

biolimbad

berburu penghasilan di pecinan bebek goreng pak ndut gurih dan lembut

c warak ngendhog


a m o a h i n

b HARSEM/BAGUS PANJI BUANA

sabtu, 7 Januari 2012

Banyak orang jawa yang bekerja jadi buruh panggul di pergudangan Jalan Beteng demi mencukupi kebutuhan hidup

memburu penghasilan di kawasan pecinan

Salah satu kawasan di Gang Warung selama ini banyak didominasi pertokoan

pertokoan dan gudang menggeliat SEPANJANG pecinan saat ini makin dipadati beberapa pertokoan dan gudang. Jumlahnya pun makin banyak dan mempengaruhi lalulintas di kawasan tersebut kian hari makin membuat macet. Sebagai bukti bahwa kawasan pecinan menjadi daya tarik untuk digunakan membuka usaha. Karena kawasannya makin ramai dan banyak dikunjungi para pendatang. Menurut Siauwe Tjiandji, pengusaha perlengkapan sembahyangan di Jalan Gang Warung No 54, geliat toko maupun gudang sudah ada sejak puluhan tahun silam. Kawasan pecinan sekarang ini jadi pusat perdagangan dan sering didatangi warga dari luar kota. “Jadi tak heran bila dipadati banyak toko dan gudang. Dan sekarang masing-masing generasi

penerus makin meramaikan usahanya di sini dengan membuka usaha yang sama,” jelasnya. Dicontohkan, di Gang Warung sekarang ini banyak pertokoan yang membuka usaha penjualan konveksi, toko obat dan alat-alat perlengkapan sembahyangan. “Mereka ratarata meneruskan generasi para orangtuanya. Jadi tak heran jumlah toko dan gudang sangat banyak,” jelasnya. Dikatakan, untuk aktivitas bongkar muat di beberapa gudang juga banyak dan terlihat di Jalan Beteng. “Di sana juga sama seperti di Gang Warung yang melakukan aktivitas di pergudangan karena meneruskan bisnis orangtuannya. Selain itu memang kawasan Beteng sangat potensi dan strategis untuk bisnis penyimpanan barang-barang,” jelasnya. nbagus panji buana

karena teman-temannya dari orang jawa juga banyak. Rata-rata pemilik gudang di Jalan Beteng juga sangat baik dan bisa menerima warga pribumi,” katanya. Menurutnya, banyak pekerja di kawasan Beteng yang dipadati warga pribumi. Mereka rata-rata ada yang jadi pelayan toko dan bahkan memanfaatkan sebagai tukang parkir. “Karena Jalan Beteng banyak pergudangan dan banyak pembeli. Sehingga saya memanfaatkan menjadi tukang parkir di sini,” jelas Pardi, seorang tukang parkir asal Kelurahan Kembangsari ini. Menurutnya, menjadi tukang parkir di kawasan pecinan sangat membawa berkah. Karena rata-rata pemilik kendaraan roda empat sering memberikan uang parkir antara Rp 2-5 ribu. “Di pecinan memang bisa dijadikan mencari pendapatan. Dari pada kita mencari pekerjaan di perkotaan, tetapi

nasibnya tidak jelas,” tegasnya. Berdasarkan pengamatan, pada umumnya warga pribumi sangat senang memiliki kesibukan di daerah pecinan. Dan terbukti dari karyawan toko yang sering membawa temannya bekerja di sana karena pemiliknya ramah. “Banyak pelayan toko yang sering mengajak temannya bekerja di sini karena pemilik baik dan tidak pernah membeda-bedakan ras/suku bahasa,” timpal Handoko, seorang pelayan toko di Jalan Gang Warung. Menurutnya, pecinan menjadikan hidupnya kian lebih baik sampai sekarang. Karena banyak erdagangan dan pertokoan yang makin bergeliat. “Jangan kan pertokoan, keberadaan pasar di pecinan ini juga membantu para buruh gendong dan tukang parkir. Kehidupan mereka selalu ada di sini,” jelasnya. nbagus panji buana

HARSEM/BAGUS PANJI BUANA

sebelah mata bahwa kawasan pecinan selama ini sangat berjasa dan memberikan rezeki bagi orangorang jawa yang tidak mempunyai pekerjaan tetap. Karena di kawasan pecinan sekarang ini tidak hanya ada perkampungan dan gang-gang sempit, namun sudah banyak para pelaku bisnis yang membuka usahanya di sana. Seperti yang dirasakan Yani misalnya. Warga Kebonharjo ini mengaku senang adanya kawasan pecinan. Karena ia bisa bekerja di salah satu pertokoan yang menjual bahan-bahan konveksi. Sudah puluhan tahun dirinya bekerja dan

HARSEM/BAGUS PANJI BUANA

k

AWASAN pecinan di Semarang ternyata mempunyai daya tarik tersendiri bagi sebagian warga menengah ke bawah. Pecinan yang identik dengan warga Tionghoa, namun kawasan tersebut sangat diburu para warga pribumi untuk mencari sesuap nasi di sana. Hal ini bisa dilihat banyaknya warga pribumi khususnya orang-orang jawa yang menggantungkan hidupnya di pecinan. Mulai jadi tukang panggul di pasar, para buruh gudang, tukang parkir, pelayan toko, pembantu kelenteng dan sebagainya. Tentunya kita jangan memandang

mengabdi dengan warga Tionghoa. “Kurang lebih 15 tahun saya bekerja di sini. Dan alhamdulillah, pemiliknya yang juga warga Tionghoa sangatlah baik,” jelasnya, saat ditemui di tempat kerjanya, kemarin. Menurutnya, hampir rata-rata pemilik usaha yang dikelola warga Tionghoa perhatiannya sangat baik kepada warga pribumi. Karena prinsip orang Tionghoa adalah mengutamakan karyawan yang komunikatif dan jujur. “Orang Tionghoa rata-rata memang sangat disiplin dan senang dengan orang-orang yang jujur,” jelasnya. Senada diucapkan Maryanto, warga RT 01/RW 02 Kelurahan Karangtempel, Semarang Timur. Kebetulan ia bekerja hanya sebagai tukang panggul di sebuah gudang di Jalan Beteng. “Meski hanya sebagai tukang panggul, saya senang bekerja di kawasan pecinan

Banyak juga orang jawa yang bekerja di Jalan Gambiran sebagai perajin batu nisan HARSEM/BAGUS PANJI BUANA

Banyak warga pribumi yang selama ini menggantungkan hidupnya di kawasan pecinan, Semarang. Sulitnya mencari pekerjaan membuat mereka mengadu nasib di daerah tersebut menjadi para pekerja maupun buruh.

Seorang warga pribumi jadi pekerja di Kelenteng Grajen

suka duka para pekerja di pecinan

MENJADI pekerja di sebuah pertokoan atau gudang di kawasan pecinan memang penuh suka duka. Karena sebagai buruh mereka harus bisa diuji kesabarannya. Suka duka ini hampir dirasakan para pekerja maupun pelayan toko yang bekerja di kawasan pecinan. Seperti misalnya soal keberangkatan kerja yang diharuskan datang tepat waktu. Karena warga Tionghoa dari sejak zaman dahulu sangat mengutamakan kedisplinan. Bila karyawan atau buruhnya sering terlambat mereka akan

mendapatkan teguran keras. “Kami memang diminta datang ke toko tepat waktu dan dilarang terlambat. Ironisnya, kita sering tepat waktu, namun sampai di tempat kerja harus menunggu lama karena toko belum dibuka alias masih tutup,” keluh Sartini, salah satu pelayan toko bahan bangunan di Jalan Pekojan. Menurutnya, suka duka bekerja di kawasan pecinan hampir semua sama karena harus siap menerima pahit dan manisnya bekerja. Ini sudah menjadi risiko para karyawan yang datangnya awal dan

sering menunggu lama karena toko belum dibuka. “Inilah suka duka kami. Bila toko belum buka, kita pun harus duduk di emperan toko cukup lama,” jelasnya. Senada diucapkan Lani Astuti, pelayan toko konveksi di Gang Warung. Dirinya sudah sering menunggu di emperan toko karena toko belum dibuka pemiliknya. “Kami diminta datang pukul 08.00, tetapi toko dibuka pemiliknya 08.30. Tetapi bagi kami ini merupakan hal biasa dan tidak dipersoalkan karena saya hanya seorang bawahan,” ucapnya. nbagus panji buana

HARSEM/BAGUS PANJI BUANA

sering datang awal, toko masih tutup

harus menunggu di emperan Sudah menjadi tradisi para pekerja erja belum dibuka karena toko tempat mereka bek


g o h d n e g n warak

c

SABTU, 7 Januari 2012

pt hamparan cipta griya

targetkan omzet rp 20 m HARSEM/DOK

Sukses meraih omzet rp 12 miliar pada tahun 2011, tahun ini PT hamparan Cipta Griya menargetkan penjualan rumah sebesar rp 20 miliar.

a

khir tahun lalu jadi saat yang menyenangkan bagi segenap karyawan PT Hamparan Cipta Griya (HCG). Pemilik pengembang Kauman Regency (KR) itu, Nur Widhi Wijatmiko, memberangkatkan pegawai dan keluarganya dalam satu bis untuk piknik ke Lombok. “Acara tahunan ini memang sudah kami programkan untuk menjalin soliditas para karyawan,” ungkap alumnus Teknik Sipil Undip itu. Tentu wajar kalau mereka santai berwisata, karena target omzet Rp 12 miliar di tahun 2011 telah berhasil dicapai. Untuk tahun ini omzet dinaikkan menjadi Rp 20 miliar. Dan pihaknya yakin target itu bisa tercapai karena pada awal tahun ini sudah didapat omzet Rp 2,3 miliar dari penjualan 40 rumah di KR dan cluster Permata Kauman, keduanya di kawasan Mranggen, Demak. Maka pada tahun ini pihaknya cukup menargetkan menjual 178 rumah saja. Direncanakan di KR akan dibangun 1.600 rumah dalam 3 sampai 4 tahun mendatang. Untuk itu HCG telah memiliki lahan seluas 10 ribu hektar dan akan membeli 10 hektar lagi.

Bisnis perumahan di Mranggen, menurutnya akan berkembang dengan baik dengan adanya rencana pembuatan kota baru yang terletak di kawasan antara Ungaran dan Mranggen. “Telah ada MoU antara Kementerian Perumahan dan REI untuk pembentukan kota baru seluas 10 ribu hektar,” ungkapnya. Pada tahun ini, HCG juga akan mengadakan program CSR (Corporate

Social Responsibility) di lingkungan KR, dengan membantu masjid, TPQ dan PAUD. Selain itu pihaknya juga sudah membangun jalan paving sendiri ke lokasi KR, sehingga membuat nyaman penghuni perumahan tersebut. Untuk pengembangan usaha, HCG telah membeli tanah seluas 2,4 hektar di kawasan Buyaran, Demak, yang akan dibuat perumahan. “Untuk itu kami membutuhkan karyawan baru sekitar 6

bebek goreng pak ndut

terasa lembut dan gurih ide usaha bisa datang dari siapa saja. Bisa dari usaha sendiri, ataupun karena pengaruh orang lain, termasuk anak sendiri. Inilah yang dialami Yudi Sutoyo, yang memperoleh ide usaha setelah melihat keberhasilan anaknya melalui usaha serupa. Saat ini, Yudi menjalankan usaha kuliner waralaba yaitu Bebek Goreng Sari Rasa Pak Ndut Kartasura, di Jalan Pleburan Barat 33 Semarang. Usaha ini baru dibuka Rabu (4/1) yang lalu. Yudi mengaku terpancing oleh keberhasilan anaknya di Cilegon yang memiliki waralaba serupa. “Anak saya telah menjalankan waralaba bebek goreng ini sejak beberapa tahun yang lalu di Cilegon, dan berhasil. Oleh karenanya saya tertarik untuk mencobanya. Apalagi saya melihat masyarakat Semarang sangat suka dengan wisata kuliner, tak terkecuali untuk menu seputar bebek,” ujarnya mengawali kisah. Yudi tidak salah. Menu seputar bebek kini makin banyak dijumpai di berbagai

rumah makan, dan banyak pula peminatnya. Tidak hanya dibakar atau digoreng, berbagai menu olahan bebek telah banyak tersajikan. Seperti misalnya bebek sangan, bebek sambal ijo, bebek sambal korek hingga bebek goreng remuk. Lembut dan Gurih Lebih lanjut Yudi mengisahkan, gerai miliknya merupakan gerai ke-34 dari Bebek Goreng Sari Rasa Pak Ndut Kartasura. Sebagaimana namanya, warung ini menawarkan bebek sebagai menu utama. Di sini daging bebek yang biasanya alot diolah dengan sempurna hingga terasa lembut dan gurih. “Harga yang kami tawarkan relatif sama dengan menu bebek di warung-warung yang lain, antara Rp13.000 sampai Rp14.500. Dengan harga tersebut, kami yakin warung kami akan banyak didatangi konsumen,” lanjut Yudi. Diceritakan pula, di gerai pusatnya yaitu di Jalan Slamet Riyadi 159 Kartasura, tak kurang dari 150 ekor bebek habis setiap

hari. Belum lagi ditambah dengan menu ayamnya. Menilik berbagai kondisi tersebut, Yudi memprediksi bisa menjual antara 80-100 ekor bebek setiap hari. “Saya optimistis bisa memenuhi target tersebut. Untuk omzetnya, saya perkirakan bisa meraup omzet antara Rp 10 juta sampai Rp17 juta per hari. Nantinya kalau sudah ramai sebagaimana yang saya harapkan, saya akan membuka gerai Bebek Goreng Pak Ndut di wilayah pinggiran Semarang,” tuturnya. Gerai waralaba Pak Ndut saat ini sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Bogor, Lampung, Jambi, Palangkaraya, Surabaya, Malang, Bekasi, Bali dan masih banyak lagi. Bisnis ini memang banyak peminatnya. Untuk membuka satu gerai waralaba Pak Ndut, dibutuhkan dana antara Rp 200-500 juta, tergantung paket yang dipilih. Meski terbilang tinggi, namun banyak investor yang berminat. Hal ini tak terlepas dari prospek cerah yang ditawarkan dari bisnis waralaba tersebut. nnurhidayat/tab

sampai 8 orang lagi,” paparnya. Karena manajemen usahanya sudah berhasil dengan baik, kini dia tinggal mengawasi saja para pegawainya dalam bekerja. Dia lebih memikirkan visi dan strategi HCG ke depan. Bersama istrinya, Ida Maftukhah, Widi berupaya membawa HCG jadi perusahaan properti yang patut diperhitungkan dan dibanggakan. nteguh argari bisono

O

Nur Widhi Wijatmiko tampak bahagia bersama keluarganya, saat piknik bersama

HARSEM/tEguH ARgARi biSOn

Perencanaan Matang Salah-satu kunci sukses HCG memang berawal dari perencanaan yang matang ditambah doa kepada Yang Mahakuasa. Bahkan perusahaan tersebut telah berani mematok target omzet Rp 40 miliar pada tahun 2013. Tentu saja rencana tersebut telah didasarkan pada perhitungan yang matang. Pengalaman pembuatan perencanaan itu didapat Widi sewaktu dia bekerja di PT Hutama Karya. Keberhasilan HCG juga didukung loyalitas para karyawannya. Maklum, pihaknya memberikan penghasilan yang sangat layak kepada pegawainya, di antaranya 15 kali gaji. Tahun ini pihaknya akan lebih menata SDM karyawannya dengan merekrut seorang psikolog.

Nur Widhi Wijatmiko


is s p e k o pok Oleh Wiwig Prayugi Target memetik angka di kandang PSS Sleman bisa dicapai anak-anak PSIS. Meski belum mampu menang, satu angka dari Sleman patut disyukuri.

h d

sabtu, 7 Januari

PSS (0) v PSIS (0)

target tercapai

S

ATU angka dari kandang PSS Sleman diraih Vitor Borges dkk dalam laga lanjutan Kompetisi Divisi Utama Liga Prima Indonesia 2011/2012. Dalam partai yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, kemarin sore, PSIS berhasil menahan imbang PSS tanpa gol, 0-0. Tampil di depan ribuan Slemania, Vitor Borges dkk langsung mengambil inisiatif menyerang. Dengan dua rekannya, Khusnul Yakin dan Engkus Kuswaha yang diplot menjadi trisula terus melakukan serangan. Sayangnya, benteng PSS cukup kokoh di bawah komando bek asal Kamerun, Bruno Casmir. Laga berlangsung cukup ketat. Tuan rumah pun tak ketinggalan. Lebih dari enam peluang emas diciptakan Tri Handoko dkk. Beruntung, trio bek Ari Noviga, Achmad Sumardi dan Azmi Aswibi mampu berjibaku menahan laju serangan. Kedua tim bahkan bertanding dalam tensi tinggi hingga wasit Arif Muftakin mengeluarkan kartu kuning untuk Vitor Borges, Achmad Sumardi, dan Ari Noviga. Super Elang Jawa bahkan terus menyerang dan memaksa PSIS memainkan pola bertahan di babak kedua. Edy Paryono mencoba mengatur serangan balik cepat melalui pergantian Engkus Kuswaha ke Basri Lohy. Simone Quintierri dan Romi Agustian juga dimasukkan di babak kedua. Sayang, dua penyerang itu belum mampu memecah kebuntuan. Skor kacamata bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Usai pertandingan, kubu tuan rumah mengaku kecewa. Sesuai target awal,

konflik pssi

dahlan iskan makin dijagokan SETELAH diusung menjadi Ketua Umum PSSI oleh Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia, Dahlan Iskan menadapat dukungan dari HARSEM/DOK klub-klub LSI. Persija Dahlan Iskan Jakarta dan Pengurus Provinsi PSSI DKI Jakarta juga mendukung DI menjadi pimpinan PSSI. Ketua Pengurus Provinsi DKI Jakarta Hardi Hasan mengatakan, Dahlan merupakan sosok yang bisa diandalkan di tengah krisis kepercayaan terhadap tokoh sepakbola. “Mudah-mudahan kalau dipegang Dahlan sepak bola Indonesia bisa maju,” ujar Hardi seperti dikutip dari Tempo Interaktif. Dahlan dinilai memiliki pengalaman mengurus sepak bola seperti yang pernah ia lakukan di Niac Mitra dan Persebaya. Dukungan kepada Dahlan juga datang dari Persija. Ketua Umum Persija Ferry Paulus menegaskan, Dahlan merupakan sosok netral yang pas. “Daripada mengambil sosok di kubu tertentu, kenapa tidak sekalian dimunculkan orang baru. Ia juga orang yang berpengalaman mengurus sepak bola,” ujar Ferry. Persija dan Pengprov PSSI DKI Jakarta, lanjut Ferry, juga telah menemui Dahlan untuk menanyakan kesediannya menjadi Ketua Umum PSSI. Secara implicit, Ferry menilai Dahlan bersedia dengan ketentuanketentuan khusus. Sementara itu, PSSI Jateng belum menentukan sikap di tengah kisruh PSSI versus Forum Pengprov PSSI dan KPSI. Sekum PSSI Jateng yang juga Sekretaris FPP Johar Lin Eng menegaskan, siapapun bakal calon ketum PSSI yang diusung, nantinya akan terlihat melalui mekanisme yang ada. “Sampai saat ini memang sudah ada nama yang berkembang, tapi nantinya harus diutamakan mekanisme KLB lebih dulu,” katanya. wig/twu

Klasemen Divisi Utama GrUp 2 2011/2012 no tim

m

m seri

K

sG

pts

1. PSIS

2 1 1 1 3 - 0 4

2. PSS

2 1 0 1 3 - 1 4

3. PSIR

1 1 0 0 1 - 0 3

4. PSCS

1 1 0 0 1 - 0 3

5. Persis 1 1 0 0 2 - 1 3 6. PPSM 1 0 0 1 0 - 1 0 7. Persepar 1 0 0 1 0 - 1 0 8. Persipasi 1 0 0 1 1 - 3 0 9. Persik 1 0 0 1 0 - 3 0 10. Persikab 0 0 0 0 0 - 0 0 HARSEM/INDRA PRABAWA

Satu angka dari Sleman sudah cukup bagi PSIS untuk memuncaki klasemen PSS mematok angka penuh di setiap laga kandang. Dengan hasil seri, PSS juga harus memupus keinginan untuk memuncaki klasemen sementara pekan ini. “Ya, inilah hasil pertandingan. Ada yang kalah, menang, seri, kecewa da sebagainya. Kami memang kecewa karena harus kehilangan dua poin, tapi pemain

sudah berusaha maksimal,” kata pelatih PSS Widiyantoro. Sebaliknya, PSIS yang datang sebagai tamu bersyukur karena bisa memetik satu angka. Dengan hasil ini, PSIS masih tetap menempati ranking tertinggi klasemen sementara grup dua dengan poin 4. Sedangkan PSS yang mengantongi nilai

sama harus puas di trap kedua karena kalah selisih gol. Pelatih Edy Paryono sumringah usai laga ini. Ia menegaskan, meski tekanan tuan rumah sempat membuat timnya tak berkembang, namun barisan pertahanannya cukup solid sehingga tidak kebobolan. Ia mengaku, Bruno Casmir dkk

lihai mematahkan otak serangan dari lini tengah yang dikomandoi gelandang senior Donny Siregar. “Tuan rumah begitu impresif di sektor tengah, kami akui permainan kami mampu diredam. Tapi, hasil satu poin dari Sleman ini tetap kami syukuri, ini hasil yang adil bagi kedua tim,” tegas Edy. twu

psir rembang, ancaman berikutnya

HARSEM/INDRA PRABAWA

Setelah Sleman, Edy Paryono harus mempersiapkan pasukannya untuk meladeni PSIR pekan depan SETELAH satu pekan istirahat, PSIS akan menghadapi laga ketiga

versus PSIR Rembang, Jumat (13/1) di Stadion Jatidiri.

PSIR, bukan lawan ringan. Meskipun mengalami beberapa

kali perombakan pelatih, PSIR juga memiliki tren positif sejauh ini. Manajer PSIR, Siswanto mengungkapkan, laga-laga yang akan dijalani akan dimaksimalkan. Meskipun tandang, manajemen PSIR juga menargetkan tiga angka. “Kami berusaha semaksimal mungkin di kandang lawan. Makanya kami akan terapkan kebiasaan untuk seperti bermain di kandang sendiri,” terang Siswanto. PSIR tiga kali berganti pelatih. Pertama, duet pelatih Cili-Brasil Jorge Amaya sempat menukangi Laskar Dampo Awang selama dua bulan. Akhirnya, manajemen mendepak

keduanya dan menggantikan dengan duet Bambang Max Handoyo-Haryanto. Pada perjalanannya, Haryanto akhirnya meraih kursi headcoach setelah Max mengundurkan diri. Soal hasil laga, PSIR sejauh ini baru mengantongi 3 angka dan berada di trap ke empat di bawah Persis dan PSS. Menghadapi PSIS nanti, PSIR akan mengerahkan sekuat tenaga. Pasalnya, selain sebagai pemuncak klasemen sementara, nama PSIS juga masih angker di mata klub divisi utama. “Saya kira PSIS adalah lawan yang paling berat di grup dua ini,” lanjut Sis. Pelatih PSIR, Haryanto menegaskan, selama jeda akhir tahun pemain-pemain digembleng meningkatkan finishing. Soal penggedor, PSIR juga memiliki senjata yang nyaris sama, yakni trisula perpaduan asing-lokal. Ada Christian Lenglolo, William Moreno, dan Lubis Syukur. wig/twu


HARIAN SEMARANG 07 01 12