Page 1

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

Hari ini 24 halaman | Rp 3.000,-

TRAVEL & LIFESTYLE

CEKO vs INGGRIS

SENTUHAN JERMAN RASA INDONESIA

PANGGUNG ABRAHAM

» A11

» B17

A

DINAMIS DAN MENCERAHKAN

JAKARTA (HN) I n s i d e n penyerangan Menko Polhukam Wiranto usai kunjungan kerja di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10), manuai keprihatinan pemerintah. Presiden Joko Widodo memerintahkan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengusut tuntas jaringan pelaku yang menikam bagian perut Wiranto hingga tersungkur dan dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Berdasar penyelidikan Densus 88 Antiteror Mabes Polri, dua pelaku (penusuk) Wiranto, Syahril Alamsyah dan Fitri Andriana, diduga terafiliasi jaringan (kelompok) terorisme yang terpengaruh paham “Negara Islam (IS)”. Presiden mengajak seluruh elemen masyarakat memerangi aksi terorisme (kelompok radikal) di seluruh daerah di Tanah Air karena meresahkan dan mengancam keamanan nasional. “Hanya dengan upaya bersama, terorisme dan radikalisme bisa diberantas di negeri ini,” kata Presiden Joko Widodo usai menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, kemarin. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, peristiwa penyerangan Wiranto menunjukkan tanda radikalisme di Indonesia masih berjalan aktif. Kalla pun menginstruksikan TNI-Polri untuk meningkatkan pengamanan terhadap para pejabat negara yang tengah bertugas di lapangan, kendati menyatakan pengawalan terhadap para pembantu presiden sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP). “Kejadian ini spontan. Tak diduga warga menyerang seorang pejabat. Ini kali pertama terjadi pejabat ditikam,” ujar Wapres Kalla.

HARIAN NASIONAL | AULIA RACHMAN

Presiden minta pengamanan terhadap pejabat negara ditingkatkan.

Presiden Joko Widodo (kiri depan), didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kedua kiri depan), Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri belakang), dan Kepala BIN Budi Gunawan (ketiga kiri belakang) memberikan keterangan pers terkait penyerangan terhadap Menko Polhukam Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (10/10).

INSIDEN MENKO POLHUKAM ALUR PERISTIWA PUKUL 08.57 WIB Menko Polhukam Wiranto dan rombongan tiba di Alun-alun Menes Desa Purwaraja Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang, Banten. PUKUL 09.05 WIB Wiranto menuju Kampus Universitas Mathlaul Anwar (Unma) di Jln Raya Labuan KM 23 Kampung Cikaliung Desa Sindanghayu Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang.

24 - 31°C

Bandung

PUKUL 10.47 WIB Wiranto dan rombongan menuju ruang transit di Gedung I Universitas Mathlaul Anwar untuk makan siang.

PUKUL 11.30 WIB Wiranto meniggalkan Unma menuju Alunalun Menes.

PUKUL 11.50 WIB Wiranto tiba di Alun-alun Menes. Selanjutnya, dari arah belakang Syahrial Alamsyah menusuk Wiranto hingga tersungkur.

yang mencurigakan dan berbau terorisme segera melaporkan ke aparat yang berwenang. Menurut Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Korps Bhayangkara masih mendalami motif di balik penusukan Wiranto. “Kami juga sedang mendalami mereka (pelaku) jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) atau bukan,” kata Dedi. Dedi memastikan polisi bakal mengusut tuntas perkara, sekaligus menelusuri pihak-pihak yang andil di balik penusukan Menko Polhukam. Saat ini, pelaku terduga penusukan ditangani Kepolisian Pandeglang. Dugaan sementara, aksi pelaku merupakan balas dendam karena masih mengincar para pejabat negara dan aparat polisi yang dianggap mengganggu aktivitas radikal kelompok mereka. Dalam insiden itu, Kapolsek Menes Kompol Dariyanto turut mengalami luka di bagian punggung akibat terkena tusukan. Senjata tajam yang digunakan pelaku serupa gunting atau pisau kecil. Sekretaris Kabinet Pramono

PUKUL 11.55 WIB Wiranto tiba di Klinik Menes Medical Center Kecamatan Menes untuk mendapat pertolongan.

PUKUL 12.00 WIB Wiranto dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Pandeglang Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang. Selanjutnya diterbangkan ke RSPAD Jakarta menggunakan helikopter guna perawatan.

PELAKU (PENUSUK) FITRI ANDRIANA BINTI SUNARTO, lahir di Brebes 5 Mei 1998. Alamat Desa Sitanggai Kecamatan Karangan, Kabupaten Brebes. Saat ini Fitri mengkontrak di Kampung Sawah, Desa Menes, Kecamatan Menes, Pandeglang.

SYAHRIAL ALAMSYAH ALIAS ABU RARA, lahir di Medan, 24 Agustus 1988. Alamat Jalan Syahrial VI No 104 LK, Desa Tanjung Mulia Hilir, Kec Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara.

Sumber: Polri

Kalla turut prihatin atas insiden yang menimpa Wiranto. Dia mengimbau semua pihak

ATURAN PEKERJA MIGRAN DINILAI MEMBERATKAN » Jakarta

PUKUL 09.17 WIB Wiranto tiba di Kampus Universitas Mathlaul Anwar. Selanjutnya menghadiri persemian gedung perkuliahan Universitas Mathlaul Anwar.

PUKUL 11.00 WIB Presma Unma Agus Hidayat didampingi Erik Wakil Presma Unma menemui Wiranto untuk memyampaikan aspirasi.

20 - 29°C

Semarang

A4

24 - 33°C

mawas diri meningkatkan kehati-hatian dalam beraktivitas. Jika masyarakat melihat gelagat THAI LION AIR EKSPANSI KE PATTAYA »

Yogyakarta

23-32°C

Surabaya

26-35°C

A5

Denpasar

Anung menyatakan, presiden meminta pengamanan terhadap pejabat negara ditingkatkan untuk menyikapi insiden penusukan tersebut. “Arahan yang disampaikan presiden, semua pejabat dalam kondisi seperti ini untuk memberlakukan pengamanan dasar. Di era Pak Joko Widodo, banyak pejabat, menteri, dan sebagainya tidak mau dikawal,” ujar Pramono. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani mengecam peristiwa penyerangan terhadap Menko Polhukam Wiranto. Peristiwa ini, kata Puan, menunjukkan bahwa ancaman teroris masih nyata. Parlemen bersepakat menyelesaikan persoalan bangsa dengan jalan demokrasi. “Protes boleh dilakukan asal sesuai koridor. Jika sudah bahayakan nyawa, ini bentuk kejahatan,” kata Puan. Puan juga mengimbau masyarakat tidak banyak berspekulasi atas kejadian ini dan menyerahkan sepenuhnya proses pemeriksaan kepada pihak yang berwajib. “Biar aparat kepolisian yang memeriksa pelakunya. Mereka bergerak sendiri atau terkait jaringan teroris, tunggu hasil penyelidikan polisi,” ujarnya. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo menyatakan senada. Dia mengecam keras aksi penusukan yang menimpa Wiranto. Menurut Bambang, apa pun alasan yang digunakan tidak dibenarkan untuk melakukan tindakan anarkistis, apalagi membahayakan nyawa seseorang. Siapa pun pelakunya harus diproses secara hukum agar kejadian serupa tidak terulang dan memakan korban di kemudian hari. “Kami juga berharap masyarakat tidak terprovokasi dan terlalu mendramatisir secara berlebihan atas peristiwa yang terjadi,” ujar Bambang. OTEGAR RIZQON ALFIAN | AINI TARTINIA | SHERLYA PUSPITA SARI

AGRESI TURKI PAKSA 60 RIBU MENGUNGSI » 26-35°C

Hujan Lebat

Hujan Sedang

Hujan Ringan

Berawan

A10

Cerah Berawan

Cerah sumber: BMKG


Berita Utama

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

KEJELASAN MINYAK CURAH DINANTI

INDEKS PEMBANGUNAN KEBUDAYAAN Metodologi dan sumber data penghitungan angka IPK secara nasional melibatkan 75.000 kepala keluarga perwakilan dari 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia yang terangkum dalam Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2018. Total 31 indikator penyusun indeks yang dirangkum dalam 7 dimensi: Ekonomi Budaya (1 indikator), Pendidikan (6), Ketahanan Sosial Budaya (8), Warisan Budaya (6), Ekspresi Budaya (4), Budaya Literasi (3) dan Gender (3). INDEKS DAERAH TERTINGGI : Yogya (73,79%), Bali (65,39%), Jateng (60,05%), Bengkulu (59,95%), Nusa Tenggara Barat (59,92%). INDEKS DAERAH TERBAWAH: Sulawesi Tenggara (47,62%), Papua Barat (47,61%), Maluku Utara (47,02%),Sulawesi Barat (46,90%), Papua (46,25%). Sumber : Ditjen Kebudayaan Kemendikbud

ANTARA | WAHDI SEPTIAWAN

Kekhasan Daerah Penentu Kemajuan Kebudayaan JAKARTA (HN) – Pendekatan sesuai karakteristik menjadi aspek krusial terkait upaya memajukan kebudayaan di daerah. Langkah ini akan dilakukan pemerintah merespon Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) sebagai alat ukur capaian pembangunan kebudayaan nasional dan daerah. “Saat diketahui dimensi terlemah di suatu daerah, maka akan dirumuskan langkah untuk mengantisipasinya,” kata Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid dalam peluncuran IPK di Pekan Kebudayaan Nasional, Istora Senayan, Jakarta, Kamis (10/10). Menurut Hilmar, tujuan IPK mengukur dimensi kebudayaan kuat dan lemah dari setiap daerah.

KABUT ASAP Pengendara melintasi Jembatan Muara Sabak yang diselimuti kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Muara Sabak Barat, Tanjungjabung Timur, Jambi, Kamis (10/10). Kabut asap akibat karhutla di daerah ini bertambah pekat dalam dua hari terakhir.

Namun, dia mengingatkan, publik juga perlu memahami capaian IPK bukan untuk menilai suatu kebudayaan lebih baik dibanding kebudayaan lainnya. Hilmar menjelaskan, saat sudah diketahui dimensi terlemah di suatu daerah, akan dirumuskan langkah antisipasi. Capaian IPK nasional, Indonesia pada angka 53,74. Hilmar menilai, pembangunan kebudayaan di Indonesia masih membutuhkan usaha dan kerja keras seluruh pihak. Selain nasional, terdapat juga IPK tingkat daerah. Provinsi DI Yogyakarta menjadi daerah dengan indeks tertinggi, yakni 73,79, Sementara IPK terendah ditempati Papua yaitu 46,25. “Angka-angka itu menunjuk-

kan kesenjangan pembangunan kebudayaan antara wilayah Indonesia bagian barat dan bagian timur,” ujar Hilmar. Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian dan Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas Subandi Sardjoko mengatakan, Indonesia memiliki banyak pekerjaan rumah. Sebab, IPK menunjukkan, Papua menempati indeks terendah. Padahal, menurut Subandi, posisi terendah yang ditempati Papua itu seharusnya tidak terjadi. Pasalnya, Papua memiliki budaya yang cenderung lebih beragam dari daerah lainnya. “Kebudayaan di sana seharusnya bisa menyejahterakan warganya. Seperti itu tantangan kita.” OUMMAMAH N ULJANNAH

Hak WNI Korban Jembatan Runtuh Dipastikan JAKARTA (HN) - Pemerintah memastikan pengurusan hak tiga warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban runtuhnya jembatan lintas pelabuhan Nanfang Ao di Yilan, Taiwan. Kepastian ini seiring langkah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memfasilitasi pemulangan jenazah tiga WNI ke kampung halamannya masing-masing. “Hak-hak korban meliputi hak gaji, asuransi kematian dan lainnya,” kata Plt Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemenaker Aris Wahyudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (10/10). Aris menjelaskan, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia Taipei (KDEI) mengurus semua hal yang menjadi hak ahli waris ketiga korban setelah pemulangan jenazah tuntas. Tiga pekerja migran Indonesia (PMI) korban tewas jembatan runBanda Aceh

23-32°C

Medan

A2

tuh bernama Ersona (32), M Domiri (28) dan Wartono (29). Peristiwa ini terjadi di Kota Suo, Yilan, Taiwan, Selasa (1/10) lalu. Jenazah Wartono dipulangkan ke Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar). Jenazah Ersona dikembalikan ke kampungnya di Indramayu, Jabar. Sementara, jenazah M Domiri dipulangkan ke Pemalang, Jawa Tengah. Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Kemenaker Eva Trisiana menambahkan, ketiga jenazah ditangani secara Islam oleh Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Taiwan, yang dihadiri Kepala Kantor KEDI Taipei Didi Sumadi dan perwakilan keluarga serta kerabat korban. “Seluruh korban meninggal dunia juga memperoleh santunan dari Kemenaker dan telah diterima (pihak) keluarga, “ kata Eva. Eva menambahkan, selain tiga korban meninggal dunia itu, em-

22-32°C

Pekanbaru

24-28°C

Batam

pat WNI lainnya dikabarkan terluka akibat kejadian ini. Seluruh WNI yang luka maupun meninggal merupakan PMI yang resmi bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal ikan milik Taiwan. Dua korban luka ringan Miswan dan Supandi langsung dipulangkan dari RS. Dua korban lain yang dengan luka berat yaitu Jaedi dan Winanto harus dirawat di rumah sakit (RS). Hingga kemarin, hanya Winanto yang dirawat di RS St Mary’s. Otoritas Wilayah Yilan dan perusahaan pengelola pelabuhan Taiwan, Taiwan International Ports Corporation Ltd juga akan memberikan santunan kepada korban meninggal. Empat korban WNI luka-luka mendapat santunan bervariasi sesuai tingkat keparahannya. “Pemerintah terus memantau dan memastikan agar hak para almarhum diterima ahli warisnya sesuai ketentuan.” OCHOIRUN IMAN 24-31°C

Padang

23-30°C

Jambi

Pedagang tetap sepakat larangan diberlakukan. JAKARTA (HN) Pedagang pasar belum mendapatkan kejelasan informasi terkait penundaan pelarangan minyak curah. Namun, pedagang tetap sepakat mengutamakan produk higienis minyak dalam kemasan untuk konsumen. Wakil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran mengatakan, hanya mengetahui pelarangan minyak curah tetap berjalan 1 Januari 2020. Hingga kini pasar masih belum terdampak signifikan terkait aturan pemerintah. “Nah baru dibuat (kebijakan), belum ada apa-apa sudah dicabut. Mungkin pemerintah tidak punya prinsip,” kata Ngadiran kepada HARIAN NASIONAL di Jakarta, Kamis (10/10).  Pedagang pasar tetap konsisten ketentuan minyak kemasan masih tetap diperlukan di tengah-tengah masyarakat. “Sikap saya konsisten (minyak kemasan),” ujarnya.  Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan, ralat ketentuan oleh Menteri Perdagangan telah telanjur memicu keadaan di pasar tidak stabil. “Setidaknya, pedagang akhirnya tahu. (Sekarang) pasar mungkin relatif tenang, tapi tidak spontan,” kata Mansuri.  Saat ini, pedagang pasar belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan masih menunggu keberlangsungan aturan. Dalam jangka panjang, inisiasi minyak kemasan masih akan tetap relevan untuk menunjang higienitas dan kesehatan masyarakat secara luas.  Pemerintah mesti bertahap memberikan standar bagi perusahaan minyak curah agar memakai kemasan. “Namun, tahapan mesti dilakukan dengan baik,” ujarnya.  Pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi belum mendapatkan komunikasi langsung dari pemerintah terkait penundaan pelarangan minyak curah. YLKI masih konsisten dengan tetap mengutamakan perlindungan konsumen lewat aspek keamanan pangan.  “Ke depan (minyak goreng) kemasan sangat penting. Namun, (minyak goreng) curah perlu diberikan pengawasan terkait higienitas dan penjaminan produk hingga ke tangan konsumen,” kata 24-32°C

Palembang

23-32°C

Sularsi. Dia mengharapkan pemerintah bisa menyiapkan transisi pelarangan minyak goreng curah awal tahun depan dengan merangkul seluruh pelaku usaha. Produsen minyak goreng besar mesti mengikuti aturan kemasan sesuai ketentuan pemerintah. Produsen minyak kecil dapat diberikan tenggat waktu penyesuaian agar dapat bersaing sehat.  Pemerintah, kata dia, wajib membina dan mendampingi pelaku industri minyak goreng. Selain itu, pemerintah wajib memberikan kemudahan mengeluarkan perizinan pengemasan yang resmi.  “(Tahapan-tahapan) ini sangat penting,” katanya.  Pengamat kebijakan publik Universitas Indonesia (UI) Rissalwan Lubis mengatakan, pelarangan minyak curah tidak berdampak pada produsen. Pelarangan hanya berdampak di tingkat distributor, konsumen, serta industri mikro.  Menurut dia, inkonsistensi kebijakan terjadi karena orientasi dan arah kebijakan pemerintah masih belum jelas. “Sebenarnya memang belum ada kebutuhan perlindungan konsumen dari kualitas minyak curah. Namun, kenapa tiba-tiba ada kebijakan melarang minyak curah?” ujar Rissalwan. Rissalwan menilai, kebutuhan minyak dalam kemasan oleh masyarakat tetap perlu dengan mengedepankan segmentasi dan preferensi masyarakat dalam mengonsumsi produk minyak goreng.  Konsumen minyak curah mengincar harga yang jauh lebih murah. “Minyak kemasan dengan kualitas bagus bisa difokuskan untuk pasar ekspor serta kalangan menengah-atas yang mengedepankan gaya hidup sehat,” ujarnya.  Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto mengatakan, pemerintah tetap menunda pelarangan minyak curah di pasar berdasarkan pernyataan resmi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.  “Sesuai pernyataan resmi Mendag, pemerintah mendorong produsen untuk (segera) memasok minyak kemasan, tapi minyak curah yang masih beredar tidak dilarang,” kata Suhanto. OKHAIRUL KAHFI

P. Pinang

23-33°C

Bengkulu

24-32°C


Kilas

Kinerja DPR Harus Responsif

Bernard Berlabuh di Lapas Tangerang TERPIDANA kasus suap Bernard Hanafi Kalalo dieksekusi ke Lapas Klas I Tangerang, Banten. Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, eksekusi dilakukan guna melaksanakan putusan Pengadilan Tipikor yang telah berkekuatan hukum tetap. “KPK mengeksekusi Bernard Hanafi Kalalo dalam perkara suap, Rabu, 9 Oktober 2019,” katanya di Jakarta, Kamis (10/10). Pengusaha Bernard Hanafi Kalalo merupakan penyuap Bupati Kepulauan Talaud nonaktif Sri Wahyumi Maria Manalip. Bernard divonis 1 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan karena dianggap terbukti memberikan suap kepada Sri Wahyumi total sekitar Rp 591 juta. O TEGAR RIZQON ALFIAN

Amandemen Diklaim tak Ubah Alur Pemilu KETUA MPR RI Bambang Soesatyo memastikan amandemen terbatas UUD 1945 tidak akan menyentuh (mengubah) proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. “Terbatas di sini maksudnya lebih pada pengaturan di sisi ekonomi. Jadi bagaimana menciptakan semacam cetak biru atau blue print untuk 50-100 tahun ke depan yang mengacu pada pokok-pokok induk. Kami tidak akan mengubah pemilu dan masa jabatan presiden,” katanya di Jakarta, Kamis (10/10). Tujuan blue print agar Indonesia tetap memiliki visi-misi yang sama, meski telah berganti presiden. Nantinya, presiden, bupati, dan wali kota mengacu peta jalan Indonesia yang sudah digariskan. OSHERLYA PUSPITA SARI

KPK Menggali Peran Mekeng lewat Eni KPK menggali peran Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Melchias Marcus Mekeng lewat mantan Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih, terkait korupsi proses pengurusan terminasi kontrak Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara PT Asmin Koalindo Tuhup di Kementerian ESDM. Usai diperiksa, Eni membenarkan dikonfirmasi penyidik KPK terkait peran Mekeng dengan tersangka Samin Tan. “Ya, saya ditanyakan soal peran Mekeng,” katanya di Jakarta. Kamis (10/10). Samin Tan pemilik perusahaan pertambangan PT Borneo Lumbung Energi dan Metal. Dia memberi suap kepada Eni Rp 5 miliar terkait pengurusan terminasi kontrak tersebut. O TEGAR RIZQON ALFIAN

B Lampung

Polhukam

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

23-33°C

Pontianak

Sejumlah RUU penting dan kontroversial warisan periode lalu mendesak dibahas. JAKARTA (HN) Politik kartel (gabungan partai politik yang memiliki tujuan sama) di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tampak menggurita, bahkan diprediksi mampu menyentuh ranah kebijakan legislasi. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) khawatir, hal tersebut menyebabkan demokrasi Indonesia tidak stabil dan sangat rentan oleh legitimasi yang melumpuhkan. Sejak 10 hari anggota DPR periode 2019-2024 dilantik, cenderung masih sarat dengan kompromi dan transaksi antarfraksi membahas jatah kursi. Menurut Peneliti Formappi Lucius Karus, hal ini sangat memakan waktu dan berdampak kontraproduktif terhadap kinerja parlemen, terutama dalam merespon tuntutan publik terkait hasil legislasi. Idealnya, DPR responsif menggaungkan program.

Tujuannya untuk membersihkan wajah parlemen dari citra buruk kepentingan elite parpol. Apalagi sejumlah RUU penting dan kontroversial warisan DPR periode lalu harus segera dibahas. DPR periode 20192024 ditantang menunjukkan kualitas kerja, termasuk melibatkan partisipasi publik sebagai pertimbangan utama penyusunan legislasi, bukan ditipu basa-basi seremoni sosialisasi. “Mengembalikan kepercayaan publik terhadap kinerja anggota dewan untuk menghasilkan produk legislasi yang berkualitas tak bisa dilakukan sekejap. Parpol (di DPR) harus sigap bekerja untuk kepentingan publik, pascapelantikan beberapa waktu lalu,” katanya di Jakarta, Kamis (10/10). Direktur Eksekutif Formappi I Made Leo Wiratma memaparkan, kepentingan “kelompok sempit” turut mendegradasi potensi

sebagian besar anggota DPR 2019-2024 yang sembilan persen menduduki kursi di parlemen. Berdasarkan tingkat pendidikan anggota milenial DPR, sebagian besar S1-S3. Kecerdasan mumpuni mereka harusnya dapat digunakan secara optimal untuk dorong kinerja DPR baik. “Kalau mereka mengoptimalkan tenaganya saling bahumembahu untuk memperbaiki kinerja DPR, hasilnya akan menjadi dahsyat,” ujar Made. Berbagai komitmen ketua DPR, pimpinan-pimpinan fraksi serta para anggota baru yang dilontarkan saat rapat paripurna pertama parlemen masa bakti 2019-2024 terlihat lebih memberikan harapan bagi terlaksananya tupoksi selama lima tahun mendatang. Made menyayangkan, jika komitmen-komitmen itu luntur karena sampai hati melupakan representasi rakyat dalam melaksanakan fungsinya. “Bila terjadi demikian, harapan besar dari kinerja DPR baru akan jadi semakin

turun. Terlebih jika mereka tak punya perubahan paradigma berkinerja,” katanya. Menurut Anggota DPR RI Fraksi Golkar Idurs Laena, tantangan DPR lima tahun ke depan yakni berupaya mengomunikasikan seluruh lapisan masyarakat Indonesia terkait mekanisme dan proses pembuatan produk legislasi berkualitas. Menurut dia, tugas legislasi adalah sorotan utama karena menyangkut hajat hidup masyarakat banyak. “Saya kira ini yang jadi tantangan lima tahun ke depan,” ujar Idurs. Setidaknya, seluruh anggota dewan harus dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat ketika melakukan pembahasan undang-undang. Itu mulai dari penjelasan pengajuan undangundang yang disertai naskah akademik, persetujuan bersama pemerintah, dan disertai masukan publik dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU). Jangan sampai publik menganggap wakil rakyat grasa-grusu. OAINI TARTINIA

Publik Jangan Termakan Buzzer Politik JAKARTA (HN) – Maraknya kabar bohong (hoaks) yang berbentuk narasi, video, foto, dan juga meme politik di medsos terkait pro-kontra UU KPK hasil revisi DPR RI dinilai merugikan banyak pihak, terutama masyarakat yang ingin mengakses informasi lewat internet. Pakar Media Sosial dan Founder Drone Emprit Ismail Fahmi Ismail tak menampik, riuh dan keruh di medsos dipicu peran buzzer. Kendati demikian, kerja buzzer tak sepenuhnya negatif karena ada juga yang mengampanyekan hal positif. Keberadaan mereka juga tidak serta merta bisa dihilangkan, kecuali sudah merambah kepada penyesatan atau hoaks. Masyarakat harus cerdas melihat kerja buzzer. Jika sudah mengarah penyesatan atau kabar bohong, sebaiknya tidak termakan dan biar penegak hukum yang memproses. “Dalam (pro-kontra) UU KPK, mungkin yang dimaksud buzzer politik. Ketika mengarah penyesatan, itu ada konsekuensi hukumnya. Dalam perang dimensi keenam, publik harus pandai melawan buzzer politik dengan cara (tidak terbawa arus),” katanya di Jakarta, Kamis (10/10). 25-32°C

Samarinda

24-29°C

Palangkaraya

HARIAN NASIONAL | AULIA RACHMAN

A3

PIMPINAN MPR TEMUI MEGAWATI Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (ketiga kiri), berjabat tangan dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di sela pertemuan di jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis (10/10). Kedatangan pimpinan MPR untuk menyampaikan undangan resmi terkait pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 20 Oktober 2019.

Dari sisi ekonomi, narasi pemerintah yang menyebut keberadaan KPK menghambat investasi dinilai keliru. Menurut Ekonom Senior Faisal Basri, ekonomi politik memengaruhi perilaku individu, pengusaha dan pemerintah, sehingga saling berkesinambungan. Menurut dia, merosotnya nilai investasi disebabkan para pengusaha memilih jalan cepat ketimbang mengembangkan perusahaan. “Tidak ada persaingan. Pengusaha lebih memilih me25-32°C

Banjarmasin

24-33°C

Manado

lakukan proyek yang bisa dijalankan dengan pendekatan kepada pejabat pemerintahan,” ujar Faisal. Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andrianti mengklaim, kinerja KPK selama ini sudah maksimal. Inti semua permasalahan ini dilandasi adanya upaya sekelompok pihak yang ingin memberangus keberadaan komisi antirasuah lewat revisi UU KPK. Dalam aturan yang diubah parlemen, beberapa 22-32°C

Hujan Lebat

Hujan Sedang

pasal cenderung mengamputasi kewenangan yang dimiliki lembaganya selama ini. “Tak heran pada akhirnya kami banyak diserang soal integritas internal KPK, salah satunya hoaks tentang penyidik KPK Novel Baswedan yang disebut punya kedekatan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun, itu bukan masalah inti. Tujuan utamanya karena memang ada kelompok yang berupaya menggerus independensi KPK,” kata Yuyuk. O TEGAR RIZQON ALFIAN Hujan Ringan

Berawan

Cerah Berawan

Cerah sumber: BMKG


Kesra

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

Kilas

A4

Minat Milenial Jadi Guru Tinggi

JAKARTA (HN) – Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) dipastikan akan menghadapi rintangan dan tantangan kian berat. Komisioner lembaga ini dituntut tangguh atau berdaya tahan tinggi agar konsisten memperjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM) perempuan di Indonesia. Menurut Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komnas Perempuan Periode 2020-2024 Miryam Nainggolan, selain berdaya tahan tinggi, Pansel akan mencari komisioner yang memenuhi sejumlah aspek lainnya seperti independen, berkualitas, dan memiliki kemampuan memimpin. “Berbagai rintangan dan tantangan besar di masa depan yang harus dihadapi oleh komisioner Komnas Perempuan,” ujar Miryam di Kantor Komnas Perempuan, Jakarta, Kamis (10/10). Sejauh ini, Pansel telah me-

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, minat kaum milenial untuk menjadi guru cukup tinggi.”Hal itu bisa dilihat dari tingginya animo generasi muda untuk masuk ke Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK),” ujar Muhadjir di Jakarta, Kamis (10/10). Muhadjir menekankan, langkah konkret dibutuhkan untuk memastikan profesi guru akan mendapatkan perlakuan dan bentuk yang semakin baik. “Sejak diberlakukannya UU Guru dan Dosen, masih dalam proses pembentukan sebuah pekerjaan profesional. Hal itu juga perlu langkah-langkah serius,” katanya. Dia menambahkan, beberapa hal yang harus ditangani untuk peningkatan kualitas guru ke depan yakni keahlian, tanggung jawab sosial, dan organisasi profesi. OANTARA

netapkan 49 calon komisioner yang lolos tahap uji publik dan psikologi. Sebelumnya, ada 132 pelamar yang dinyatakan lolos pada tahapan seleksi administrasi hingga uji makalah. Miryam menjelaskan, uji psikologi untuk mengetahui kemampuan intelektual, kerja sama tim, manajerial dan kepemimpinan. Tahapan uji publik dan tes psikologi digelar, Senin (14/10) mendatang. “Setelah tahapan uji publik dan tes psikologi, calon komisioner yang lolos akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya, yaitu wawancara dengan Pansel yang direncanakan pada 13 - 15 November mendatang,” ujar Miryam. Dia menambahkan, tahap wawancara akan menentukan 15 komisioner yang akan bertugas di Komnas Perempuan. Ketua Pansel Calon Anggota Komnas Perempuan Periode 2020-2024 Usman Hamid me-

ANTARA | MOHAMMAD AYUDHA

Komisioner Komnas Perempuan Dituntut Tangguh

AKSI STOP DEPRESI Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling (BK) Universitas Veteran Bantara (Univet) Sukoharjo dengan memakai riasan tokoh Joker melakukan aksi bertema Stop Depresi di Simpang Lima Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (10/10). Aksi ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2019.

ngatakan, Pansel mengundang masyarakat hadir dalam uji publik. Masyarakat dipersilakan memberikan pertanyaan, tanggapan, dan masukan atas rekam jejak calon komisioner Komnas Perempuan. Usman mengungkapkan, hasil

dari uji publik akan digunakan sebagai bahan wawancara untuk lebih menggali motivasi calon komisioner. “Mengapa mereka ingin menjadi komisioner Komnas Perempuan dan bagaimana pengetahuannya tentang isu-isu sensitif terkait perempuan.” OCHOIRUN IMAN

Aturan Pekerja Migran Dinilai Memberatkan Praktik calo mengancam apabila Permenaker Nomor 9 Tahun 2019 tak dicabut. JAKARTA (HN) Prosedur penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) di negara tujuan menuai sorotan. Hal ini mengacu Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) RI No 9 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penempatan Pekerja Migran Indonesia yang disinyalir syarat kepentingan perusahaan. Pasalnya, mekanisme dalam Permenaker tersebut justru memberatkan dan cenderung membuka peluang bisnis perusahaan penempatan PMI. “Kami mendesak pembatalan Permenaker Nomor 9 Tahun 2019. Sebab, poin substansi dalam Permenaker ini bertentangan dengan Undang-Undang (UU) No 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan PMI yang memprioritaskan

layanan bersifat publik,” kata Direktur Eksekutif Migrant Care Wahyu Susilo dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (10/10). Wahyu menjelaskan, poin paling urgen terdapat dalam Pasal 7 yang mengatur tahapan Orientasi Pra Penempatan (OPP) sebagai pengganti Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP). “Diaturnya OPP akan membuka ruang peluang bisnis perusahaan penempatan PMI,” kata dia Pasal lain yang dinilai membebani pekerja migran antara lain, Pasal 12 ayat (1) yang mengatur pemeriksaan kesehatan yang hanya dapat dilakukan oleh Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI). “Sementara dalam UU No

18 Tahun 2017 membebaskan PMI untuk menentukan pilihan pemeriksaan kesehatan,” kata dia. Selain dua pasal tersebut, ada tiga pasal lain yang cenderung tak memihak PMI. Koordinator Departemen Data Base Serikat Buruh Migran Indonesia Rianti menilai, Permenaker Nomor 9 Tahun 2019 akan menghidupkan kembali praktik medical check up, tes psikologi, OPP hingga kepengurusan visa kepada pihak swasta. “Berdasarkan UU No 18 Tahun 2017, layanan perekrutan sudah bisa dilakukan pada tingkat desa dengan koordinasi dengan pemda yang bersifat pelayanan publik. Namun, kesiapan pemda masih belum progresif,” kata dia. Sekretaris Nasional (Seknas) Jaringan Buruh Migran (JBM) Savitri Wisnuwardhani menyata-

PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN Sejumlah pasal dalam Permenaker Nomor 9 Tahun 2019 yang dinilai tidak memihak pekerja migran 1. PASAL 7: mengatur tahapan orientasi pra penempatan (OPP) sebagai pengganti. pembekalan akhir pemberangkatan (PAP) 2. PASAL 12 AYAT (1): mengatur pemeriksaan kesehatan hanya dapat dilakukan oleh Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI). 3. PASAL 40: penghapusan keberadaan BP3TKI. 4. PASAL 24: tidak dilengkapi butir-butir perlindungan pekerja migran sebagaimana dalam pasal 21 UU 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran. 5 PASAL 38:otoritas Menaker dapat membentuk tim khusus pengendalian pengawasan pekerja migran Indonesia.

kan, praktik calo akan kembali terjadi dan mengancam PMI jika Permenaker Nomor 9 Tahun 2019 tak dicabut. “Bila tidak kunjung dibatalkan, kami akan judicial review ke

Mahkamah Agung.” Terpisah, Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan Soes Hindharno menyatakan, pemerintah melalui Kemenaker tidak mencari bisnis bersama dengan perusahaan swasta melalui penempatan PMI “Justru kami ingin memberikan perlindungan yang optimal kepada pekerja migran yang dikuatkan dengan Permenaker itu ini,” kata Soes Dia menekankan, Permenaker Nomor 9 Tahun 2019 merupakan aturan turunan UU Nomor 18 tahun 2017 tentang Perlindungan PMI. “Pekerja migran Indonesia sudah menjadi subjek, bukan lagi objek yang rentan dieksploitasi oleh perekrutan melalui calo. Kami mengupayakan kompetensi PMI juga tidak mudah untuk dijadikan korban.” ORAMADANI WAHYU

Terbit perdana 31 Agustus 2013 diterbitkan oleh: PT BERITA NASIONAL

DINAMIS DAN MENCERAHKAN

www.harnas.co

PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB: Makhfud Sappe. REDAKTUR PELAKSANA: Solichin M. Awi, Burhanuddin Bella. STAF REDAKSI: Eko Budi Harsono, Dani Wicaksono, Dionisius B. Arinto, Didik Purwanto, Ahmad Reza S, Devy Lubis, Fifia A. Himawan, Herman Sina, Mulya Achdami, W. Ridwan Maulana, Aria Triyudha, Brigitha Sesilya | Alvin Tamba, Dian Riski Rosmayanti, Tegar Rizqon Alfian, Bayu Indra Kahuripan, Ridsha Vimanda N, Esti Tri Pusparini. PEWARTA FOTO: Aulia Rachman. DESAINER GRAFIS: Suryanda, Lucas Anggriawan, Ismail Saleh, Muhammad Ery Khoiry, Agung Tricahyono Putro . EDITOR BAHASA: Fery Sagita. SEKRETARIS REDAKSI: Lispa Juliantry. NETWORK & IT: Achsin, Muhamad Rizki Aldiansyah, Muh Mazlan. ALAMAT REDAKSI: Jalan Teuku Cik Di Tiro 77 Menteng, Jakarta Pusat 10310, Telp: 021-3152 699 Faks: 021-3151 668 e-mail: redaksi@harnas.co, website: www.harnas.co PEMIMPIN PERUSAHAAN: Makhfud Sappe. SEKRETARIS PERUSAHAAN: Lispa Juliantry. BISNIS & MARKETING: Nofika Roseliana. GA STAFF: Nanang Suryana. | KONTAK BISNIS: 021-3152 699 | DISTRIBUSI & SIRKULASI: 021-3152 699 | PENGADUAN: 021-3152 699 | BERLANGGANAN: 021-3152 699 PENASIHAT HUKUM: Dr. Harris Arthur Hedar, S.H., M.H.

Harian Nasional bisa dibaca di Wayang Force (untuk Aplikasi Android dan iOS)

Jurnalis HARIAN NASIONAL selalu dilengkapi identitas diri. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu kelancaran tugasnya dan apresiasi kami kepada mereka yang, dengan penuh kesadaran tidak memberikan uang dan/atau apa pun barang yang memengaruhi independensi pemberitaan. Gorontalo

24-34°C

Palu

22-32°C

Kendari

25-31°C

Makassar

24-33°C

Majene

25-33°C

Ternate

25-32°C

Ambon

24-32°C

Jayapura

25-33°C

Sorong

24-30°C


HARIAN NASIONAL | www.harnas.co

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

BURSA

IHSG POSISI

+/-

S&P 500

2.919,40

26,34

NASDAQ

7.903,74

79,96

DJIA

26.346,01

FTSE

7.169,47

6.400 6.300 6.200

181,97

6.100

2,97

NIKKEI

21.551,98

95,60

6.000

HSI

25.707,93

25,12

5.900

Sumber: CNBC

6.023,64

4/10 7/10

8/10

» A7

9/10 10/10

JUMLAH ORANG KAYA DI CHINA MEROSOT

Thai Lion Air Ekspansi ke Pattaya Bisnis perawatan dan perbaikan pesawat akan dibangun di EEC Thailand. BANGKOK (HN) M a s k a p a i Thai Lion Air terus ekspansi. Salah satunya segera beroperasi di Bandara Internasional UTapao Rayong-Pattaya. Ekspansi sebagai dukungan program Koridor Ekonomi Timur (Eastern Economic Corridor/EEC) di Thailand. Chairman and Board of Director Thai Lion Air Capt Darsito Hendro Seputro mengatakan, ingin terus mendukung dan berkontribusi terhadap pe-

ngembangan pariwisata di Thailand. Sejauh ini, Thai Lion Air terus mendorong arus pariwisata dan bisnis di Negeri Gajah Putih tersebut. “Kami ingin bisa berkontribusi besar dalam mengembangkan potensi ekonomi di Thailand. Ekspansi ke depan akan terus dilakukan,” kata Capt Darsito kepada HARIAN NASIONAL di Bangkok, Kamis (10/10). Menurut Capt Darsito, Thai Lion Air akan mengoperasikan sedikitnya 50 pesawat di bandara tersebut. Thai Lion Air akan melayani penerbangan dari Rayong dan Pattaya ke kota-kota di Thailand dan ke China seperti

Changsa, Haikou, dan Shijiazhuang. Bandara ini berjarak kirakira 140 kilometer dari Tenggara Bangkok. Tepatnya dekat Sattahip di Teluk Siam. Di dekat bandara ini akan dibangun EEC berupa pengembangan kawasan perawatan dan perbaikan pesawat (Maintenance, Repair, and Overhaul /MRO). Thai Lion Air juga akan membangun MRO di kawasan EEC tersebut. Batam Aero Technic menjadi anak usaha Lion Air Group yang akan membangun MRO di sana. “Kami akan mendirikan hanggar MRO di U-Tapao,” katanya.

Rencana Pembangunan EEC dengan skema 4.0 bertujuan merevitalisasi dan meningkatkan program pengembangan daerah pesisir timur. Wilayah tersebut memiliki pembangkit tenaga listrik yang memasok kebutuhan tenaga listrik Thailand selama 30 tahun. Kantor EEC telah ditugaskan mendorong investasi negara dalam peningkatan inovasi dan teknologi canggih untuk generasi mendatang. Rencana pengembangan EEC akan memimpin pengembangan dan transformasi yang signifikan dari investasi Thailand. Proyek EEC awalnya akan difokuskan di

Peternak Keluhkan Sapi Impor

Pedagang menunggu sapi dagangannya di Pasar Keppo, Pamekasan, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

ANTARA | SAIFUL BAHRI

JAKARTA (HN) - Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) menyatakan, harga daging sapi lokal masih kalah saing dengan produk impor. Harga daging sapi impor dibanderol Rp 80 ribu per kilogram, daging sapi lokal Rp 120 ribu per kilogram. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPSKI Rochadi Tawaf mengatakan, daging sapi di pasar domestik telah diintervensi daging sapi impor yang jauh lebih murah. “Akibatnya daging sapi lokal tidak masuk ke konsumen (karena dianggap lebih mahal),” kata Rochadi kepada HARIAN NASIONAL, Kamis (10/10). Menurut Rochadi, pemerintah kurang memperhatikan peternak sapi lokal dan lebih memilih meningkatkan jumlah sapi impor. Hanya pedagang yang menyerap sapi lokal di rumah potong hewan.  Dia meminta pemerintah mengubah pola pikir dengan meningkatkan produksi dalam negeri dan mengurangi sapi impor. “Kebijakan impor seharusnya memberdayakan peternakan rakyat, bukan malah membunuh

Provinsi Chachoengsao, Chonburi dan Rayong. Thai Lion Air telah terpilih sebagai maskapai penerbangan murah (low-cost carrier/LCC) di Asia Pasifik versi CAPA pada 2018 dengan kategori perkembangan cepat. Maskapai tersebut juga mendapatkan Now Travel Awards for Asia’s Top Budget Airlines 2018-2019. Thai Lion Air salah satu LCC Lion Air Group yang didirikan 2013. Thai Lion Air memiliki 34 armada dengan jenis pesawat terbaru Boeing 737-900ER (215 kursi); Boeing 737-800NG (189 kursi); dan Airbus 330-300 (392 kursi). ODIAN RISKI ROSMAYANTI

PERKEMBANGAN DAN PROYEKSI SAPI IMPOR 2004-2019 (Ton) 400.000 332.180

350.000 300.000 250.000 200.000 158.276

150.000 100.000 50.000

2004 2005 2006 2007 2008 2009 2010 2011 2012 2013 2014 2015 2016 2017 2018 2019 Impor

Proyeksi -R345

peternak lokal.” Direktur Utama PT Berdi-

Sumber: Badan Pusat Statistik

kari (Persero) Eko Taufik Wibowo mengatakan, lonjakan biaya lo-

gistik angkut sapi dari peternak di luar Pulau Jawa masih menjadi kendala untuk mengirim ke Pulau Jawa. Padahal, tol laut digadang-gadang lebih efisien dan efektif dalam mengirim barang. “Namun, tetap saja harga tidak masuk (kalah saing dengan produk impor,” ujar Eko. Selain itu, kata Eko, jarak tempuh yang jauh memicu sapi menyusut atau bobot berkurang. Walaupun harga stabil, tetap tidak bisa bersaing dengan sapi impor karena memerlukan waktu untuk penggemukan kembali. “Perlu waktu lagi untuk bi-

aya pemulihan sapi karena susut di jalan,” katanya. Direktur Operasional Berdikari Oksan Panggabean mengatakan, sudah empat tahun tidak memasok sapi lokal melalui tol laut. Perusahaan peternakan pelat merah tersebut lebih memilih sapi impor untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri. “Kurang kompetitif (sapi lokal) karena perlu proses pemulihan saat pengiriman ke Jawa. Perjalanan sekitar lima hari. Itu sangat berpengaruh pada bobot sapi,” ujar Oksan. OHERRY SUPRIYATNA


Ekonomi

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

likuiditas Likuiditas

Pembangunan Transportasi Umum Minim

kamus bisnis KEWIRAUSAHAAN Kemampuan untuk berinovasi dan menciptakan sebuah perusahaan baru yang layak.

ANTARA | FIRMANSYAH

Enam Tekfin Pembiayaan Direstui OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) memberikan izin kepada enam perusahaan finansial berbasis teknologi (financial technology/ tekfin) pembiayaan. Saat ini terdapat 13 tekfin pembiayaan berizin. Enam perusahaan yang baru mendapat izin per 30 September 2019 yakni PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku), PT Pendanaan Teknologi Nusa (KTA Kilat), PT Kredit Pintar Indonesia (Kredit Pintar), PT Astra Web Digital Artha (Maucash), PT Oriente Mas Sejahtera (Finmas), dan PT Aman Cermat Cepat (KlikACC). “OJK mengimbau masyarakat menggunakan jasa penyelenggaraan tekfin peerto-peer lending (pembiayaan) yang sudah terdaftar atau berizin dari OJK,” ujar OJK dalam laporan tertulis di Jakarta, Kamis (10/10). Hingga 30 September 2019, total terdapat 127 perusahaan tekfin berizin dan sudah terdaftar dengan rincian, 13 perusahaan berizin dan 114 perusahaan masih terdaftar. Kredit Pintar, salah satu perusahaan tekfin yang baru mendapat izin menyatakan, penambahan beberapa perusahaan yang telah mendapatkan izin membuktikan industri tekfin di Indonesia semakin kuat. “Ke depan diharapkan semakin banyak kolaborasi dari berbagai pihak demi kemajuan ekonomi di Indonesia,” kata CEO Kredit Pintar Wisely Wijaya. Di sisi lain, 10 penyelenggara layanan finansial berbasis teknologi (tekfin) di bidang urun dana (Equity Crowd Funding/ ECF) belum mendapatkan izin beroperasi dari OJK. Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK Fakhri Hilmi mengatakan, hingga kini baru satu penyelenggara tekfin urun dana berizin dan legal beroperasi di Indonesia yakni PT Santana Daya Inspiratama (Santara) asal Yogyakarta. Santara mengantongi izin usaha dari OJK pada September 2019. “Yang 10 tekfin lainnya masih proses dan belum beroperasi,” kata Fakhri. OKHAIRUL KAHFI

A6

TARGET PENJUALAN MOBIL 2019 Suasana penjualan mobil dalam pameran Mandiri Tunas Finance (MTF) Autofiesta 2019 di Botani Square, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/10). Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merevisi target penjualan mobil hingga akhir 2019 dari 1,1 juta unit menjadi 1 juta unit. Penjualan Januari-Agustus hanya 660.286 unit, lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu 763.444 unit.

Kredit Bermasalah Tekfin Bertambah Masyarakat diklaim biasanya membayar akhir tahun. JAKARTA (HN) Lonjakan pinjaman kredit sektor konsumsi masyarakat mendongkrak Tingkat Wanprestasi Pinjaman 90 hari (TWP 90) pinjaman daring (peer to peer/p2p lending). Pola pinjaman konsumsi masyarakat yang tinggi saat Lebaran belum diiringi pengembalian kredit yang tepat waktu. Wakil Ketua Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Sunu Widyatmoko mengatakan, mayoritas jumlah individu yang tidak membayar berkaitan dengan pinjaman konsumtif. Kenaikan TWP90 pada Agustus disebabkan permintaan kebutuhan pinjaman yang tinggi untuk konsumsi masyarakat saat Lebaran.  “Jika bicara angka (TWP90) Agustus-September, ada efek Lebaran yang memang lumayan tinggi,” katanya di Jakarta, Kamis (10/10). Pantauan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Agustus 2019, tingkat TWP90 layanan teknologi finansial (tekfin) meningkat menjadi 3,06 persen, lebih tinggi dibandingkan TWP90

Juli sebesar 2,52 persen. Kenaikan TWP90, kata dia, bukan tanda hati-hati kesehatan industri layanan pinjaman tekfin. Peningkatan TWP90 tekfin bentuk mekanisme keseimbangan antara pertumbuhan dan risiko industri keuangan. Sunu mengklaim, tingkat wanprestasi pengembalian kredit oleh nasabah tekfin akan mengecil. Peminjam banyak mengembalikan kredit pada akhir tahun. “Begitu siklusnya,” ujarnya.  Ke depan, AFPI memproyeksikan tingkat pembayaran kredit bermasalah akan melandai dengan meningkatkan tata kelola. Sunu optimistis hal tersebut dapat menekan tingkat identitas peminjam yang tidak bertanggung jawab.  “AFPI selalu mengimbau seluruh anggota untuk menaati POJK 77 untuk mengurangi penipuan (fraud),” ujarnya.  AFPI meminta layanan tekfin bekerja sama dengan perusahaan pemeringkat kredit (credit scoring) untuk menyeleksi calon peminjam melalui proses cukup ketat. Selain itu, asosiasi akan meningkatkan literasi keuangan dengan mengedukasi masyarakat melalui rekam jejak pinjaman yang baik.  “Literasi keuangan pun sederhana. Jika meminjam

disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan membayar serta tolong bayar dengan tepat waktu,” katanya. Per Agustus 2019, akumulasi realisasi pinjaman yang telah disalurkan layanan pinjaman daring mencapai Rp 54,71 triliun, naik 141,40 persen (ytd) dari akhir Desember 2018 sebesar Rp 22,66 triliun.  Jumlah akumulasi rekening pemberi pinjaman telah mencapai 530.385 entitas, naik 155,60 persen (ytd). Jumlah transaksi peminjam mencapai 12,83 juta entitas atau berkembang 194 persen (ytd).  Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK Hendrikus Passagi mengatakan, kenaikan TWP90 pada industri pinjaman daring tidak berbahaya. Kenaikan pembayaran kredit macet nasabah tekfin konsekuensi logis atas peningkatan jumlah peminjam dan nilai pinjaman.  “Ini sangat logis karena jumlah peminjam dan nilai peminjaman terus meningkat, masa iya TWP90 malah menurun?” ujarnya.  Peningkatan TWP90 diklaim akibat kenaikan jumlah pinjaman nasabah baru. “Pembatasan pembayaran kredit macet malah akan melemahkan penyaluran kredit.” O KHAIRUL KAHFI

JAKARTA (HN) – Penurunan indeks daya saing Indonesia dinilai akibat pembangunan infrastruktur yang hanya memprioritaskan jalan, bukan sarana penunjangnya. Pengamat Transportasi Unika Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno mengatakan, pemerintah hanya mengandalkan moda jalan raya, tetapi minim pengembangan angkutan kereta api, kapal laut, dan pesawat udara. “Untuk mengangkut orang saja masih mengandalkan kendaraan pribadi,” kata Djoko kepada HARIAN NASIONAL di Jakarta, Kamis (10/10). Menurut dia, perjalanan antarkota dan antarprovinsi tidak efisien. Pergerakan ekonomi di kota tidak bergerak karena kemacetan. Padahal, kata dia, investasi melihat kondisi kemacetan untuk kelancaran mobilisasi dan mempermudah investasi. “Kereta tidak ada perkembangan sama sekali, hanya sepersekian persen. Itu pun hanya tersentral di Jabodetabek dan Pulau Jawa,” ujarnya. Djoko menilai, pemerintah era presiden Joko Widodo minim pengembangan moda transportasi massal. Pembangunannya pun dinilai kecil, seperti Kereta Api Jakarta-Surabaya dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang baru berproses pada akhir tahun pertama pemerintahannya. Moda transportasi darat hanya disibukkan taksi dan ojek daring. Operator bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) banyak mati, khususnya operator kecil yang hanya memiliki kurang dari 10 kendaraan. “Transportasi umum harus ditambah dan lebih dimanfaatkan untuk distribusi logistik,” kata dia. Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Tri Dewi Virgiyanti mengatakan, indeks daya saing turun karena pembangunan infrastruktur dasar sangat minim, seperti air bersih, sanitasi, kesehatan, limbah, dan listrik. Infrastruktur dasar tersebut seharusnya dibangun lebih awal dari infrastruktur jalan. “Itulah yang menyebabkan indeks turun.” Tahun ini pemerintah akan memperkuat infrastruktur dasar dengan membangun 10 juta sambungan rumah tangga hingga waduk untuk memasok air bersih. “Rata-rata mereka (investor asing) mengeluhkan Indonesia belum memenuhi infrastruktur pokok tersebut.” ODIAN RISKI ROSMAYANTI


Ekonomi

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

Likuiditas Manufaktur Tekan Ekonomi Inggris KANTOR Statistik Nasional (ONS) menyatakan, ekonomi Inggris pada Agustus 2019 turun 0,1 persen dibandingkan Juli. Nilai tersebut kontras dengan ekspansi 0,4 persen pada Juli 2019. Namun, ONS juga mencatat, ekonomi Inggris masih naik 0,3 persen dalam tiga bulan hingga Agustus. “Pertumbuhan meningkat tiga bulan terakhir meski kinerja lemah di seluruh manufaktur. Namun, produksi siaran televisi dan film membantu meningkatkan sektor jasa,” kata Kepala ONS Rob Kent-Smith. Poundsterling nyaris tidak bergerak secara bulanan. “Pembacaan ekonomi terbaru Inggris menunjukkan kontraksi secara bulanan tetapi mengambil langkah mundur dan melihat gambaran lebih besar tampaknya tidak terlalu buruk,” kata analis XTB David Cheetham. OAFP | DIDIK PURWANTO

Bisnis GM Semakin Tertekan PEMOGOKAN karyawan General Motors (GM) semakin mengganggu banyak pemasok dan kontraktor kendaraan. Akibatnya pemasok juga memulangkan karyawannya lebih cepat dan otomatis mengganggu pasokan suku cadang ke 31 pabrik GM di Amerika Serikat (AS). Perusahaan pengangkutan dan logistik yang memindahkan barang masuk dan keluar pabrik juga terganggu. “Selain 1.800 karyawan GM yang mogok kerja, 1.200 pekerja lain dari perusahaan pemasok dan truk juga telah berhenti kerja. Pukulan terhadap ekonomi sudah sangat besar. Kami berkomitmen menawarkan kontrak lebih adil dan merata bagi anggota kami. Kami akan tetap di luar selama itu diperlukan,” kata Presiden GM Michigan Steve Gruener. OAFP | DIDIK PURWANTO

Buffettology

Sebuah saham tidak mengetahui bahwa Anda memilikinya. Karya Mary Buffett dan David Clark, PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Jumlah Orang Kaya di China Merosot Kali pertama dalam 21 tahun terakhir. BEIJING (HN) Jumlah individu ultra-kaya di China merosot tahun ini. Pemerintah sedang berusaha menyeimbangkan kembali perekonomian dan menangani lonjakan utang masyarakat dan perusahaan. Berdasarkan riset lembaga Hurun, mereka yang dianggap kaya memiliki kekayaan senilai US$ 281 juta (sekitar Rp 3,937 triliun). Jumlah orang kaya turun dari 1.893 orang tahun lalu menjadi 1.819 orang tahun ini. “Ini kali pertama dalam 21 tahun terakhir kekayaan mereka menyusut dalam dua tahun berturut-turut,” kata kata Ketua Hurun Report Rupert Hoogewerf. “Kekayaan masyarakat China sempat menurun pada 2008, saat krisis keuangan global dan pada 2002 setelah gelembung teknologi pecah.” Sektor tradisional seperti manufaktur dan realestat telah ter-

tekan ketika perusahaan “terjebak dalam terlalu banyak utang”. Aset mereka menjadi berkurang sehingga memengaruhi kekayaan bersih pemilik perusahaan dan sekaligus individunya. “Hampir 40 persen dari mereka yang masuk daftar orang kaya dua tahun lalu telah menurun. Itu bagian dari keputusan yang sangat disadari oleh pemerintah China untuk mencoba dan merestrukturisasi ekonomi.” Miliarder yang menghasilkan uang dalam bidang IT, farmasi, dan pendidikan menggantikan posisi pertama sebelumnya. Jack Ma, pendiri raksasa perusahaan dagang daring (ecommerce) Alibaba yang mengundurkan diri pada September, mempertahankan posisi puncak dalam dua tahun berturut-turut. Jack Ma memiliki kekayaan pribadi US$ 39 miliar (sekitar Rp 546 triliun). Posisi kedua ditempati Pony Ma, ketua dan kepala eksekutif Tencent, yang memiliki kekayaan pribadi sebesar US$ 37 miliar.

Taipan realestat Wang Jianlin -salah satu orang terkaya di China, yang menempati posisi puncak pada 2017- kekayaannya merosot hampir setengah menjadi US$ 17 miliar. Pemilik Dalian Wanda Group ini banyak utang sehingga terpaksa menjual asetnya setelah belanja properti di luar negeri beberapa tahun terakhir. Pengusaha muda Colin Huang Zheng (39), pemilik situs e-commerce Pinduoduo, menjadi wirausaha mandiri pertama yang lahir pada 1980-an yang masuk 10 besar. “Colin Huang telah menciptakan dunia pertama, menghasilkan US$ 20 miliar sejak mendirikan Pinduoduo hanya empat tahun lalu,” kata Hoogewerf. “Tidak ada seorang pun di dunia yang pernah membuat kekayaan sebanyak itu dari awal berdiri.” Sebelas orang yang lahir pada 1990-an juga masuk daftar. Meskipun daftar orang kaya berubah, China sebagian besar

tidak terpengaruh perang perdagangan dengan Amerika Serikat (AS). Kekayaan pendiri Huawei Ren Zhengfei naik 34 persen menjadi US$ 3 miliar meskipun perusahaannya masuk daftar hitam di AS karena dugaan pelanggaran sanksi Iran. Pendiri pesaing Starbucks, Luckin Coffee, Jenny Qian Zhiya, masuk daftar orang kaya di China dengan US$ 810 juta, setelah perusahaannya terdaftar di Nasdaq pada Mei. Industri makanan China juga menghasilkan sejumlah miliarder baru. Peternak babi Qin Yinglin dan istrinya Qian Ying dari Muyuan melipatgandakan kekayaan mereka menjadi US$ 14 miliar. Sebagian besar kenaikan itu berasal dari penjualan 5,8 juta babi setelah wabah flu babi Afrika memicu harga daging babi melonjak 50 persen tahun lalu. China sekarang memiliki 62 miliarder yang diukur dalam dolar AS dan 32 dari mereka memiliki lebih dari US$ 10 miliar. OAFP | DIDIK PURWANTO

Produksi Minyak OPEC Anjlok PARIS (HN) - Organisasi Negaranegara Pengekspor Minyak (OPEC) menyatakan, produksi minyak mentah pada September turun 1,32 juta barel per hari menjadi rata-rata 28,49 juta barel per hari. Penurunan produksi paling banyak terjadi di Arab Saudi setelah serangan terhadap infrastruktur minyaknya. Produksi minyak mentah Arab Saudi turun 1,28 juta barel per hari menjadi hanya 8,56 juta barel per hari. Serangan pesawat nirawak (drone) pada 14 September terhadap fasilitas kilang minyak milik perusahaan minyak negara Aramco di Abqaiq dan Khurais pada awalnya mengurangi separuh produksi minyak mentah Saudi. Harga minyak mentah sempat melonjak. Abqaiq fasilitas pemrosesan minyak terbesar di dunia dan Khurais ladang minyak utama. Serangan itu diklaim oleh pemberontak Huthi Yaman. Saudi memimpin koalisi militer melawan Houthi yang didukung Iran. Houthi menerbangkan puluhan drone di lintas-perbatasan sekaligus serangan rudal yang menargetkan Saudi, termasuk fasilitas minyaknya. AS telah menyimpulkan

AFP | MARIO TAMA

A7

Papan harga bahan bakar minyak (BBM) di Los Angeles, California, beberapa waktu lalu. Produksi minyak mentah OPEC pada September turun 1,32 juta barel per hari menjadi rata-rata 28,49 juta barel per hari.

serangan itu diluncurkan dari Iran menggunakan rudal jelajah. Iran menyangkal terlibat dalam serangan tersebut. OPEC juga sekali lagi memangkas perkiraan pertumbuhan permintaan minyak global dari 1,02 juta barel per hari menjadi 980 ribu barel per hari. Penurunan itu revisi dari permintaan pada paruh pertama tahun ini. Revisi pemangkasan perkiraan juga karena permintaan lebih rendah untuk bensin dan solar

di AS. OPEC mempertahankan perkiraan pertumbuhan permintaan minyak tahun depan stabil di level 1,08 juta barel per hari. Di sisi lain, Ekuador yang baru keluar dari OPEC pekan lalu mengumumkan akan menutup salah satu dari dua pipa minyak domestik. Cara tersebut akan menangguhkan dua per tiga distribusi minyak mentahnya. “Karena penutupan ini,

kami sedang menganalisis kemungkinan untuk menyatakan gawat darurat untuk menghindari negara dikenai denda karena menunda pengiriman minyak mentah,” kata Kementerian Energi Ekuador. Negara yang masih terlibat konflik ini menghasilkan 500 ribu barel minyak per hari atau mampu menghasilkan ekspor minyak senilai US$ 4,6 miliar dalam enam bulan pertama tahun ini. OAFP | DIDIK PURWANTO


Nusantara Kilas

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

A8

DLH Siap Tanggulangi Banjir Jakarta

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta akan meluncurkan fase dua jalur sepeda sepanjang 23 kilometer (dua arah) dari Jalan Fatmawati, Panglima Polim, Sisingamangaraja hingga Sudirman, pada 12 Oktober 2019. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Kamis (10/10) mengatakan, fase kedua termasuk dalam program Gubernur Jakarta yang akan membangun 63 kilometer. Fase satu sudah dimulai 20 September lalu mulai dari Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, Tugu Proklamasi, Jalan Diponegoro, Imam Bonjol, masuk ke Merdeka Selatan, hingga MH Thamrin sepanjang 25 kilometer (dua arah). z ANTARA

Malioboro Dilengkapi Area Khusus Merokok KAWASAN tujuan wisata utama di Kota Yogyakarta, Malioboro akan dilengkapi tempat khusus merokok. Wisatawan diimbau tidak lagi merokok sembarangan tetapi di tempat yang sudah disiapkan. “Rencananya ada tiga titik yang dijadikan tempat khusus merokok. Tidak berbentuk ruangan tertutup, tetapi dibuat lokasi terbuka yang dilengkapi asbak besar. Akan kami tempatkan di sekitar pohon rindang,” kata Kepala UPT Malioboro Ekwanto di Yogyakarta, Kamis (10/10). Area ini akan ditempatkan di sisi timur Jalan Malioboro, di ujung utara Jalan Malioboro, sekitar pintu masuk Kepatihan dan di dekat Pasar Beringharjo Yogyakarta. z ANTARA

Satgas DLH telah diterjunkan di tempattempat rawan terjadi penumpukan sampah.

TUTUP JALUR PENAMBANGAN PASIR ILEGAL

JAKARTA (HN) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta siap menanggulangi banjir di Ibu Kota seiring datangnya musim hujan. Hingga kemarin siang, petugas masih mengangkut sisa-sisa sampah yang tertumpuk di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan (Jaksel). Data DLH, menyebut, jumlah sampah yang diangkut di Pintu Air Manggarai hingga Rabu pukul 21.00 WIB sebanyak 3.374 meter kubik. Sementara itu, kemarin pagi hingga pukul 15.00 WIB, jumlah sampah yang diangkut menurun menjadi 604 meter kubik. “Memang sampah sisasisa kemarin masih ada, ya yang nyangkut dari sebelah utara. Nah ini saya baru tarik ke sini udah diangkat, tinggal buang aja,” kata Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air DLH Rohmat kepada HARIAN NASIONAL, Kamis (10/10). Tumpukan sampah yang menggunung sejak Rabu merupakan imbas dari turunnya hujan di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya. Ketika hujan, tinggi muka air naik dan membawa sampah-sampah mengalir ke Jakarta. Akibat kemarau panjang, sampah-sampah yang menumpuk di bagian hulu jumlahnya sangat banyak. Dibandingkan dengan jumlah sampah rata-rata di musim hujan, sampah kemarin jauh lebih banyak.

Sejumlah warga memasang patok batu di tengah jalan saat menutup jalur penambangan pasir ilegal di lereng Gunung Sindoro Desa Sontonayan, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Kamis (10/10). Warga setempat keberatan dengan aktivitas penambangan pasir ilegal karena merusak lingkungan dan menyebabkan jalan rusak.

ANTARA | ANIS EFIZUDIN

12 Oktober, Fase 2 Jalur Sepeda Diluncurkan

“Kalau kemarin sih benarbenar bisa dikatakan lebih banyak dibandingkan dengan tahun-tahun kemarin ya kondisi sampahnya. Mungkin karena musim kemaraunya cukup panjang, jadi sampah-sampah yang tersangkut di hulu pas datang air tinggi langsung terdorong semua. Ya mudah-mudahan untuk berikutnya tidak seperti kemarin,” ujarnya. Rohmat mengaku tidak ada kendala yang berarti selama melakukan pengangkutan sampah yang ada di Pintu Air Manggarai. Hal itu karena sebelumnya satuan tugas DLH DKI Jakarta telah diterjunkan di tempat-tempat yang rawan terjadi penumpukan sampah. “Kalau antisipasi kan kami dari bulan-bulan kemarin udah antisipasi. Makanya kami sudah bentuk juga tim satgas penanggulangan banjir. Kami juga

selalu standby karena sudah tahu bulan-bulannya ini, seperti di akhir tahun kita akan menghadapi musim hujan itu jadi kami udah siap,” katanya. Untuk mengantisipasi banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah menyiapkan dan memastikan keberfungsian sistem-sistem peringatan dini yang ada di bantaran kali, seperti Disaster Warning System (DWS) dan Automatic Weather Sensor (AWS). Kemudian BPBD berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk DLH. “Contohnya di DLH ada UPK Badan Air, mereka sudah menyiagakan 4.000 personel selama 24 jam untuk mengantisipasi banjir dengan membersihkan sampah-sampah yang ada di kali. Jadi mereka ada personel-personel yang disiapkan untuk berjaga di tempat rawan tumpuk-

an sampah. Jadi kalau ada tumpukan sampah, personelnya langsung action. Kemudian menyiapkan ekskavator, mobilmobil, dan pengangkut sampah dari Dinas LH,” kata Kepala UPT Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD M. Ridwan. BPBD juga memastikan Dinas SDA dalam hal ketersediaan dan keberfungsian pompa. Ridwan mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki BPBD, Dinas SDA memiliki 133 pompa mobile dan 465 pompa stationer yang tersebar di 164 lokasi. “Di samping itu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bencana banjir dan pencegahannya, membuat rencana kontijensi banjir. Kami juga berkoordinasi dengan SKPD lainnya seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan lain-lain.” z SERUNI RARA JINGGA

Warga Abadikan Momen Langka Hari tanpa Bayangan JAKARTA (HN) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan hari tanpa bayangan yang terjadi di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir ini karena matahari tepat berada di atas posisi paling tinggi di langit. “Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama,” kata Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana di Jakarta, Kamis (10/10). Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit, sehingga bayangan benda tegak akan terlihat “menghilang” karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari saat terjadinya kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan. Dari olah data BMKG di-

perkirakan sejumlah kota mengalami hari tanpa bayangan dalam beberapa hari ke depan, sementara yang lain sudah mengalami fenomena tersebut. Beberapa kota di Indonesia yang mengalami hari tanpa bayangan pada 9 Oktober 2019 antara lain di Serang, Banten pukul 11.42 WIB dan Jakarta Pusat (11.40 WIB). Pada 10 Oktober, terjadi di Jepara, Jawa Tengah, pukul 11:24:29 WIB. Kemudian pada 11 Oktober akan terjadi di Bandung, Jawa Barat, pukul 11.25 WIB dan Semarang, Jawa Tengah, (11.20 WIB). Pada 12 Oktober 2019 juga akan terjadi di Surabaya, Jawa Timur, (11.15 WIB) dan pada 13 Oktober 2019 di Yogyakarta (11.24 WIB). Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sebagai kota pertama di Jateng yang mengalami feno-

mena hari tanpa bayangan diwarnai dengan awan mendung, Kamis (10/10). Pada pukul 11.20 WIB di Pantai Kartini Jepara, matahari berada persis di atas kepala manusia yang ditandai dengan tanpa ada bayangan. Uji coba juga terlihat dari botol air mineral yang ditempatkan di tempat terbuka terlihat tanpa ada bayangannya. Untuk melihat matahari tanpa bayangan yang berlangsung hingga pukul 11.25 WIB, harus bersabar karena selama lima menit untuk mengetahui matahari tanpa bayangan diwarnai awan mendung. Khoirul Anam, salah seorang wisatawan Pantai Kartini Jepara, ikut mengabadikan fenomena alam matahari tanpa bayangan. “Awalnya saya memang tidak mengetahui fenomena alam tersebut. Setelah mengetahui informasi tersebut kemudian

menunggu fenomena tersebut muncul,” ujarnya. Gus Makruf, pengunjung lainnya senada. Ia baru mengetahui adanya fenomena alam matahari tanpa bayangan. “Saya juga ikut mengabadikan momen langka tersebut,” katanya. Ada pula wisatawan bersama keluarga yang berfoto bersama pada saat terjadi matahari tanpa bayangan. Anas, pengunjung asal Batam mengakui berfoto bersama dengan keluarganya pada saat terjadi matahari tanpa bayangan tidak disengaja. “Saya juga tidak mengetahui bahwa hari ini (10/10) pukul 11.24 WIB terjadi matahari tanpa bayangan,” ujarnya. Berdasarkan data dari BMKG untuk hari ini (10/10), fenomena alam matahari tanpa bayangan terjadi di Jepara. Sementara pada 11 Oktober 2019, hari tan-

pa bayangan muncul serentak di 15 daerah mulai Semarang, Blora, Pati, hingga Brebes. Lalu pada 12 Oktober 2019 muncul di delapan daerah mulai Sragen, Salatiga, Ungaran, Purwokerto hingga Banjarnegara. Dan yang terakhir 13 Oktober 2019 muncul di jalur pantai selatan Jateng yakni Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo, Solo, Banyumas hingga Cilacap. Munculnya kulminasi utama matahari tidak memberikan efek apa pun bagi manusia. Namun, setiap orang yang berdiri saat kulminasi utama tidak dapat melihat bayangannya. Kemunculan kulminasi utama dipengaruhi adanya deklinasi matahari yang sama dengan lintang pengamat. Pada kondisi tersebut matahari disebutkan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. z ANTARA


Nusantara

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

Kilas Siswa Meninggal Akibat Gempa Beruntun VINSEN Yonatan Ananto, siswa SMP Kalam Kudus Ambon meninggal akibat tertimpa reruntuhan bangunan toko di Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. “Korban dievakuasi ke RS TNI Angkatan Laut Halong-Ambon pukul 15.00 WIT, tetapi diduga sudah dalam kondisi meninggal dunia,” kata dokter jaga di RS TNI Angkatan Laut Wijaya di Ambon, Kamis (10/10). Bocah 13 tahun itu mengalami luka patah kaki kanan dan cidera di kepala bagian depan akibat terbentur benda keras. Gempa beruntun yang terjadi dengan kekuatan bervariasi dari magnitudo 5,2 hingga 3,8 mengakibatkan sejumlah bangunan rumah dan pertokoan di kawasan Passo mengalami kerusakan. OANTARA

17 Ekor Paus Terdampar di Sabu Raijua SEBANYAK 17 ekor ikan paus terdampar di pesisir pantai Desa Menia, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, NTT. “Iya betul, ada 17 ekor ikan paus yang terdampar sekitar Desa Menia, Kecamatan Sabu Barat tadi siang (kemarin) sekitar Pukul 13.00 WITA,” kata Kepala Seksi Pemberdayaan Nelayan dan Infrastruktur Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sabu Raijua Dedy di Kupang, Kamis (10/10). Dari belasan ikan yang terdampar, tiga di antaranya sudah dilepaskan kembali ke laut oleh warga setempat, tujuh ekor lainnya mati, sisanya masih diamankan karena dalam kondisi tubuh penuh luka. OANTARA

Dokter tak Betah di Daerah Pinggiran LEGISLATOR Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit Widodo mengaku mendapati fakta dokter yang tidak betah bertugas di daerah pinggiran. “Penjelasan Plt Kepala Dinkes bahwa untuk wilayah Rakumpit, puskesmas kendalanya tenaga dokter tidak betah,” katanya di Palangka Raya, Kamis (10/10). Dokter dalam menjalankan tugasnya melakukan perjalanan pulangpergi sehingga dinilai kurang efektif. Alasan dokter tidak betah bertugas di lokasi tersebut karena fasilitas dinas kurang memadai. Alternatif yang dapat dilakukan di antaranya meningkatkan fasilitas yang ada. OANTARA

PERINGATAN DINI BMKG

Waspadai Cuaca Ekstrem JAKARTA (HN) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air pada Kamis (10/10) dan Jumat (11/10). Cuaca ekstrem tersebut mulai dari hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai kilat dan petir, angin kencang, dan gelombang tinggi di wilayah perairan. Masyarakat diminta waspada untuk menghindari dampak buruk yang sewaktuwaktu bisa terjadi. Di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin mengingatkan ancaman cuaca ekstrem yang bisa terjadi pada sejumlah wilayah di daerah itu. “Ini peringatan dini, waspada potensi hujan intensitas ringan hingga sedang dan lebat yang disertai kilat atau petir serta angin kencang dalam beberapa hari ke depan,” kata Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin

Ruth Mandasari di Banjarbaru, Kamis (10/10). Jumat (11/10), cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan sekitarnya. Minggu (13/10) dan Senin (14/10), hujan deras disertai petir dan angin kencang diperkirakan melanda Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan sekitarnya. Di Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), BMKG memprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan, sedang, hingga lebat selama sepekan ke depan. “Terutama pada siang hingga sore hari. Namun, hujan masih bersifat lokal, tidak merata,” ujar Prakirawan BMKG Tanjungpinang Vivi. Masyarakat diminta tetap waspadakarenadiKotaTanjungpinang telah terjadi banjir di beberapa ruas jalan akibat diguyur hujan lebat, Rabu (9/10). “Polisi sempat

menutup beberapa akses jalan yang terendam banjir karena dikhawatirkan membahayakan keselamatan pengguna jalan,” katanya. Selain curah hujan, masyarakat juga diminta mewaspadai terjadinya petir dengan intensitas yang tinggi, terutama saat hujan akibat pertumbuhan awan cumulonimbus. Tinggi gelombang laut di perairan Kepri rata-rata 0,21,5 meter. Di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), BMKG memperkirakan sebagian besar wilayah Sulut diguyur hujan lokal, Jumat (11/10). Hujan lokal diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Mobagu, dan Kota Bitung. Selain itu, menurut Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Carisz Kaimana, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Tondano (Kabupaten Minahasa), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), dan Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara).

Begitupun dengan Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan), Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), dan Tutuyan (Kabupaten Bolaang MongondowTimur). Cuaca cerah berawan berpeluang terjadi di Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro), Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe), dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud. “Kecepatan angin permukaan berkisar antara 10-20 kilometer per jam dari Tenggara-Barat Daya,” katanya. Tinggi gelombang perairan diperkirakan 0,25-2,0 meter mencakup Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud, Perairan Utara Sulut, Perairan Selatan Sulut, dan Laut Maluku. “Waspadai tinggi gelombang 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Sangihe bagian Utara, perairan Kepulauan Talaud, Perairan Timur Bitung, dan Laut Maluku bagian Utara.” OANTARA | SERUNI RARA JINGGA

Ladang Api di Rupat Jadi Sumber Ekonomi PEKANBARU (HN) – Badan Restorasi Gambut (BRG) menyulap 10 hektare lahan gambut yang terbakar hebat awal tahun ini menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat Terkul di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau. “Saat ini kami tengah mengupayakan menanam nanas di lahan bekas terbakar ini. Untuk tahap awal sekitar 10 hektare. Nanas menurut kami yang paling cocok di lahan gambut,” kata ketua kelompok masyarakat Tani Bunga Raya Ilyas di Pulau Rupat, Kamis (10/10). Pulau Rupat secara geografis berlokasi di bibir Selat Malaka, memiliki jarak yang cukup dekat dengan Malaysia. Kelurahan Terkul pada Januari-Februari 2019 mengalami kebakaran hebat. Kabut asap pekat sempat menyelimuti wilayah itu, tapi tidak menyeberang ke negara tetangga. Sekitar 300 hektare lahan gambut di wilayah itu luluh lantak dilalap api. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin langsung upaya penanganan. Lahan gambut yang terbakar sebagian telah ditanami perkebunan sawit dengan usia produktif. Setelah penanggulangan selesai, BRG menurunkan tim

untuk mengkaji upaya restorasi gambut, selain mencegah bencana serupa terulang. Salah satu program yang dijalankan adalah revitalisasi ekonomi di lahan bekas terbakar itu. BRG menginisiasi budi daya nanas di lahan gambut rentan terbakar itu, setelah sebelumnya melaksanakan pembasahan dengan membangun sekat kanal. Ilyas salah satu penggerak kegiatan revitalisasi ekonomi yang dimotori BRG dan tergabung dalam kelompok masyarakat Tani Bunga Raya yang beranggotakan 23 orang laki-laki dan dua perempuan. Mereka sepakat membudidayakan nanas sebagai ganti tanaman bernilai ekonomis. Sedikitnya, 130 ribu bibit nanas madu ditanam di lahan itu secara gotong royong. “Setiap satu tanaman nanas bisa menghasilkan 2 kilogram satu kali panen. Bisa dikalikan jumlah bibit yang kita tanam,” ujarnya. Kepala Bappeda Bengkalis Yuhelmi mengatakan akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur di wilayah itu. Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat terbantu dengan program yang dijalankan BRG, terutama dalam mengatasi dan mencegah kebakaran lahan di Rupat. “Kami sangat mengapresiasi

ANTARA | M RISYAL HIDAYAT

A9

PASAR TRADISIONAL KEMBALI NORMAL Sejumlah pedagang berjualan di Pasar Tradisional Tolikelek, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Kamis (10/10). Pascakerusuhan pada 23 September 2019, kini kondisi Wamena mulai aman dan kondusif. Aktivitas sekolah, pasar tradisional, dan pelayanan pemerintahan mulai kembali normal.

BRG dalam memanfaatkan lahan terbakar. Infrastruktur di sini akan menjadi atensi kami. Namun, yang perlu diketahui pembangunan dimulai dari bawah, musyawarah lurah untuk kemudian diajukan ke atas. Kami menunggu itu,” katanya. BRG menyatakan akan terus mengintensifkan upaya pemulihan lahan gambut di wilayah terluar, terutama yang berbatasan dengan negara tetangga. Salah satunya Pulau Rupat, pulau terdepan di wilayah barat Indonesia. “BRG berkomitmen mengintensifkan upaya restorasi gambut terutama di wilayah gambut terdepan yang berdekatan dengan

negara tetangga. Salah satu yang menjadi perhatian Pulau Rupat di Riau,” ujar Kepala BRG Nazir Foead. BRG melaksanakan tiga program pemulihan gambut di Pulau Rupat yang pada awal tahun ini luluh lantah dilanda kebakaran hutan dan lahan hingga menghanguskan ratusan hektare. Ketiga program itu adalah pembasahan gambut rusak (rewetting), revegetasi (revegetation), dan revitalisasi ekonomi (revitalization). “Ketiga program itu dilaksanakan secara bersamaan untuk mempercepat upaya restorasi dari segala aspek di daerah ini.” OANTARA


Global PERANG tak berkesudahan berpotensi menggiring Yaman menjadi negara termiskin di dunia pada 2022. Laporan ini dikemukakan lembaga Program Pembangunan PBB, Rabu (9/10). “Jika perang berlanjut hingga 2022, Yaman akan menjadi negara termiskin di dunia. Diperkirakan 79 persen populasi hidup di bawah garis kemiskinan dan 65 persen dikategorikan sangat miskin,” inti laporan tersebut. Karena perang, warga miskin di Yaman meningkat hingga 47 persen dari populasi pada 2014. Angka tersebut diproyeksikan meningkat hingga 75 persen pada akhir 2019. Yaman, negara termiskin di Semenanjung Arab, tenggelam dalam perang setelah kelompok pemberontak Houthi menduduki Ibu Kota Sanaa pada akhir 2014. Setahun kemudian, koalisi pimpinan Arab Saudi mengintervensi untuk mendukung rezim pemerintah. OAFP | DANI WICAKSONO

Putin bakal Bahas Minyak dengan Saudi PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengunjungi Arab Saudi pada awal pekan depan, dinyatakan Kremlin, Kamis (10/10). Kedua negara akan membahas kondisi minyak dunia dan tensi antara Riyadh dan Teheran pada Senin (14/10). Rusia dan Saudi, juga Amerika Serikat, merupakan produsen minyak terbesar dunia. Riyadh sudah lama menjalin kerja sama dengan Moskow untuk pembatasan produksi minyak, supaya harga minyak tidak anjlok. Harga minyak dunia saat ini belum stabil setelah dua fasilitas penting Saudi diserang kelompok Houthi dari Yaman, bulan lalu. Iran mendukung militan Houthi. Saudi mendukung rezim Yaman dan memerangi Houthi sejak 2015. OAFP | DANI WICAKSONO

Trump: Ahli Bom AlQaeda Ditewaskan PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan, Kamis (10/10), ahli bom Al-Qaeda Ibrahim al-Asiri telah ditewaskan dua tahun lalu dalam operasi kontraterorisme di Yaman. Asiri, warga negara Arab Saudi, terkenal sebagai pembuat “bom di balik baju”. Bom jenis ini digunakan dalam upaya gagal teroris asal Nigeria untuk menjatuhkan pesawat AS pada Hari Natal 2009. “AS terus memburu teroris seperti Asiri sampai mereka tidak lagi bisa mengancam bangsa kami yang besar,” kata Trump. Tidak ada penjelasan mengapa pengumuman kematian Asiri pada 2017 baru disampaikan sekarang. OAFP | DANI WICAKSONO

Agresi Turki Paksa 60 Ribu Mengungsi Sekitar 450 ribu warga dalam radius 5 kilometer di perbatasan SuriahTurki bakal terdampak jika semua pihak tidak menahan diri. QAMISHLI (HN) Agresi militer Turki ke timur laut Suriah memaksa lebih dari 60 ribu warga sipil mengungsi. Informasi ini disampaikan lembaga kemanusiaan Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), Kamis (10/10). “Sejak Rabu, lebih dari 60 ribu warga terpaksa meninggalkan rumah di daerah perbatasan,” kata Rami Abdel Rahman, Direktur SOHR. Sejauh ini, gelombang pengungsi berasal dari Ras al-Ain, Tal Abyad, dan Derbasiyeh. Sebagian besar menuju Kota Hasakeh, yang belum tersentuh serangan. Mengabaikan peringatan publik internasional, Turki dan kelompok pemberontak Suriah yang didukungnya menggempur wilayah Kurdi sejak Rabu (9/10). Fase pertama serangan ditandai dengan pengeboman lewat udara, disusul tembakan artileri. Kombatan pro-Turki lantas bergerak menyerbu kota-kota kunci di daerah tersebut. Ankara berniat membasmi kelompok bersenjata Tentara Demokratik Suriah (SDF), pasukan de facto etnis Kurdi di Suriah. SDF merupakan tangan kanan Amerika Serikat dalam perang melawan “Negara Islam

(IS)”. Namun, Turki meyakini SDF dibentuk oleh Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), organ bersenjata Partai Pekerja Kurdistan (PKK). YPG disebut “teroris” setelah mendalangi pemberontakan di Turki sejak 1984. Keberanian Turki menggempur militan Kurdi terjadi setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan menarik pasukan dari Suriah, Minggu (6/10). Tanpa kehadiran Washington, Kurdi bagaikan sasaran empuk. Selain itu, Turki juga bertujuan membuatzonaamanhinggasejauh 30 km dan sepanjang 480 km di wilayah Suriah. Zona ini kelak bakal digunakan menampung sekitar 3,6 juta pengungsi Suriah yang mencari selamat di Turki sejak 2011. Kurdi dan rezim Suriah menuding Turki hanya ingin memperluas teritorialnya dengan mencaplok sebagian wilayah Suriah. Episode terkini konflik mematikan selama delapan tahun di Suriah berisiko memicu krisis kemanusiaan buruk. “Sekitar 450 ribu warga dalam radius lima kilometer di perbatasan Suriah-Turki bakal terdampak jika semua pihak tidak menahan diri dan tidak melindungi warga sipil,” demikian pernyataan gabungan yang ditandatangani 14 lembaga kemanusiaan internasional. Penyaluran bantuan pasti terhambat, karena nyawa staf menjadi taruhannya. Terpisah, militan Kurdi Suriah

AFP | NAZEER AL-KHATIB

Yaman Negara Termiskin pada 2022

A10

Kelompok pro-Turki di Suriah berkumpul dekat Kota Azaz di Provinsi Aleppo, Kamis (10/10). Mereka berpartisipasi dalam serangan Turki menyasar daerah kekuasaan Kurdi di timur laut Suriah sejak sehari sebelumnya.

AGRESI MILITER TURKI DI SURIAH Zona Aman usulan Turki Serangan udara menggunakan Basis dan posisi pasukan bom proyektil (shell), dikonfirmasi SOHR AS yang ditarik Per 9 Oktober Qamishli TURKI Kompleks penjara Kobane Tal Abyad Ras al-Ain untuk tawanan IS Per 7 Oktober Kontrol (daerah populasi padat) Hasakeh Siaga Ain Issa (daerah populasi Aleppo IRAK kurang padat) Raqa Dashisha Rezim Suriah dan sekutu Idlib Kurdi dan sekutu 50 km Turki dan sekutu Deir Ezzor Pemberontakan atau kelompok militan SURIAH Homs ‘’Negara Islam (IS)’’ Damaskus Sumber: Syrian Observatory Palmyra for Human Rights (SOHR) /Pemerintah Turki

gigih menghadapi invasi Turki. Pertempuran sengit terjadi di luar Kota Tal Abyad, Rabu, dan di luar Kota Ras al-Ain, Kamis. Dua kota ini dikendalikan etnis Kurdi. “Pejuang kami menghadapi serangan darat tentara Turki di poros Tal Halaf dan Aluk,” keterangan SDF. Menurut SOHR, setidaknya 19 kombatan SDF dan delapan warga sipil tewas pada jam-jam pertama serangan. Beberapa koresponden AFP yang berada di dekat lokasi pertempuran mengaku

melihat konvoi pasukan pro-Turki memasuki wilayah perbatasan Suriah menggunakan puluhan kendaraan militer. Serangan skala besar, yang berkode “Operasi Damai Bersemi”, mengundang kecaman masyarakat internasional, termasuk dari AS, Prancis, Jerman, China, dan Rusia. Namun, Ankara tak mengindikasikan bakal mundur. Agresi tersebut menjadi agenda pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB, Kamis. OAFP | RAHMI YATI ABRAR

Olga Tokarczuk dan Peter Handke Raih Nobel Sastra STOCKHOLM (HN) – Penulis Polandia Olga Tokarczuk dan novelis AustriaPeterHandkemendapatkan Hadiah Nobel 2018 dan 2019, Kamis (10/10). Tokarczuk berhak untuk penghargaan 2018, yang ditunda menyusul skandal pelecehan seksual oleh salah satu tokoh yang dekat dengan Akademi Swedia. Handke dinobatkan sebagai pemenang tahun ini. Tokarczuk (57) dianggap perempuan sastrawan Polandia paling berbakat di generasinya. Ia menghadirkan “imajinasi naratif, yang bersama gairah ensiklopedik melambangkan perjalanan melintasi segala batasan sebagai suatu bentuk kehidupan”. Karya-karyanya memotret dunia warna-warni dalam gerak yang tak pernah berhenti. Penokohan di setiap bukunya sangat padu, sementara tutur bahasanya cerdas dan puitis.

Handke, di sisi lain, melahirkan “karya berpengaruh, dengan gaya linguistik khas. Ia mengeksplorasi pengalaman dan perjalanan hidup manusia hingga batas terluar,” terang Akademi Swedia. Kiprah lelaki usia 76 tahun itu, yang juga menulis beberapa naskah film, cukup kontroversial. Dalam sebuah catatan perjalanan A Journey to the Rivers: Justice for Serbia, ia terang-terangan membela Slobodan Milosevic. Mantan Presiden Serbia ini terdakwa utama pembantaian etnis Albania, Bosnia, Kroasia, dan Kosovo pada 1990-an. Milosevic meninggal dunia dalam penjara Pengadilan Kejahatan Internasional di Belanda pada 2006. “Karya-karyanya diluapi gairah kuat untuk menemukan dan membuat penemuan itu hidup melalui pengungkapan ekspresi sastrawi yang baru,” terang Akademi.

AFP | FILES

Kilas

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

OLGA TOKARCZUK

Tokarczuk dan Handke mendapat penghormatan uang, masing-masing 9 juta kronor (sekitar Rp 12,8 miliar). Tokarczuk menjadi perempuan ke-15 yang diganjar Nobel Sastra, dari total 116 pemenang di bidang sama sejak 1901. Penundaan penganugerahan Hadiah Nobel Sastra 2018 menyusul skandal pemerkosaan oleh intelektual Prancis Jean-Claude Arnault. Ia menikah dengan Katarina Frostenson, anggota Akademi Swedia. Pasangan ini juga memiliki klub budaya di Stockholm, yang di-

PETER HANDKE

topang dana dari Akademi. Skandal itu memicu konflik kepentingan dan mencoreng kehormatan Akademi, berikut 18 anggotanya. Kumpulan cendekiawan tersebut kerap dianggap malaikat penjaga kebudayaan Swedia. Frostenson lantas mengundurkan diri dari Akademi—diikuti aksi serupa dari tujuh anggota lainnya. Tak pelak, pemberian Hadiah Nobel Sastra 2018 terpaksa ditangguhkan hingga tahun ini, penundaan pertama dalam 70 tahun. OAFP | DANI WICAKSONO


HARIAN NASIONAL | www.harnas.co

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

GLOBAL EVENT

MAGNET RANGER MERAH DAN KREATOR KONTEN

BTS BUKA TOKO POP-UP DI SEOUL

» A14

» A15

HARIAN NASIONAL | BAYU INDRA KAHURIPAN

INDONESIA COMIC CON KE-5

H

idangan dengan sentuhan khas Jerman tersaji sempurna dalam setiap plating. Kenikmatan aromatik yang tak hanya cantik, tapi juga menggoda lidah berkat cita rasa autentik. Martin Weise sengaja mengimpor bumbu khas kampung halamannya sebagai “senjata”. Hampir semua hidangan spesial yang diracik Martin menyisakan sensasi berempah pada akhirnya. Salah satunya, Beef Tartar with 63 Degree Egg Yolk yang diramu dengan pickle onion (acar bawang) dan rye bread (roti gandum). Uniknya, bahan dasar masakan ini adalah daging mentah yang dicincang. Meskipun menggunakan

bahan h mentah, t h Martin M ti berhasil menghilangkan aroma khas daging sehingga dengan mudah diterima lidah masyarakat Indonesia. Ia tentu saja menggunakan

mengingat tteknik k ik khusus, kh i t daging mentah belum lazim dikonsumsi di negeri ini. “Daging yang kami gunakan berasal dari sapi Australia yang terkenal akan kualitas

dan sudah d d h memiliki iliki rasa enak k meskipun tidak dimasak,” ujar sosok yang diperkenalkan sebagai executive chef baru di JW Marriott Hotel Jakarta itu, Selasa (8/10).

Ia menambahkan, “Saya juga merendam daging ini dengan mustard, pasta tomat, pickling liquid, bawang, tabasco, garam, dan lada. Sebenarnya ini tidak 100 persen mentah karena terendam oleh pickling liquid yang memiliki zat asam, sehingga dapat termasak sedikit.” Lupakan aroma daging mentah. Lidah akan bergoyang sejak suapan pertama. Rasa asam dan gurih daging berpadu satu. Dengan tambahan kuning telur setengah matang, menu ini benar-benar mendorong nafsu makan. Apalagi jika daging cincang dan campuran kuning telur dioleskan di atas roti yang masih panas. Bikin ketagihan! OBINTANG RAHMAT


Culinary

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

A12

MAIN COURSE ZHoney Glazed Duck Breast

with Fried Potato, Croutons, Babby Carrot & Fig

Cerita kelezatan dalam rangkaian menu Indonesia-Jerman.

S

ebagai executive chef baru di hotel bintang lima, Martin Weise dituntut untuk menghidangkan makanan yang cocok dengan semua semua, khususnya lidah masyarakat Indonesia.

Tentu, ini tak mudah, mengingat Martin berlatar belakang Eropa yang kental dan memiliki selera berbeda. Untuk menjawab tantangan ini, chef asal Jerman itu menghidangkan 12 makanan

ZScallops with Beetroot

yang terbagi dalam tiga course berbeda di JW Marriott Hotel Jakarta, Selasa (8/10). Appetizers alias hidangan pembuka, main course alias hidangan utama, dan “penutup yang manis” dessert course.

Risotto, Apple & Parsley Oil Warna kontras merah dan putih menyapa ketika pandangan jatuh ke hidangan satu ini. Putih scallops berbaur manis dengan merahnya risotto yang diletakkan sebagai alasnya. Saat disantap, kekenyalan scallops akan langsung menghiasi dinding mulut. Akan sangat pas bila scallops disantap satu suap dengan rissoto merah. Tekstur agak padat ditambah kekenyalan scallops membuat siapa pun tergiur mencoba kembali.

APPETIZERS

Sekilas daging bebek Honey Glazed seperti dimasak hingga crispy. Namun, jangan salah, kerenyahan tersebut terasa hanya pada bagian kulitnya. Daging bebek yang disajikan pada menu ini ternyata setengah matang. Namun, bukan berarti daging ini terasa alot. Sebaliknya, pencicipnya akan merasakan daging bebek yang empuk dengan sedikit rasa madu. Kentang yang dipotong kotak mampu berpadu dengan kerenyahan baby carrot. Ketika ketiga unsur ini disantap bersama, kekayaan rasa daging dan sayur memanjakan lidah.

ZSlow Cooked Wagyu Beef Cheek FOTO-FOTO: HARIAN NASIONAL | BAYU INDRA KAHURIPAN

with Cauliflower Puree & Parsnip Chip

ZFlame Goat Cheese with Baby Beetroot & Puffed Quinoa

Autentisitas rasa goat cheese memanjakan pencinta keju. Bercampur beetroot (buah bit) padat berbentuk kotak, makanan ini secara

ZMackerel with Cucumber,

Craime Fraiche, Onion Crunch & Dill Apa jadinya bila irisan daging ikan disajikan dengan es krim yang memiliki rasa mentimun? Itulah yang ditonjolkan Martin dalam hidangan ini. Meskipun terdengar aneh, kombinasi bahan yang tampak kontras ini secara mengejutkan justru sangat cocok di lidah. Empuk daging makarel mampu melebur dengan dingin es krim rasa mentimun. Terlebih, bila disantap bersama taburan bawang goreng yang crunchy.

tampilan sangat memikat. Kaya warna dan tentu saja, kaya rasa. Uniknya, goat cheese yang disajikan dimasak hanya menggunakan metode

pembakaran sederhana, yakni di-torch. Hasilnya, sensasi lumer terasa di luarnya saja, sementara bagian dalamnya padat dan empuk.

ZBeef Tartar with 63

Degree Egg Yolk, Pickle Onion & Rye Bread Kombinasi daging sapi mentah dan kuning telur setengah matang melahirkan sensasi rasa tersendiri. Embel-embel mentah tidak serta merta menjadikan menu didominasi aroma khas daging segar. Sebaliknya, kita dimanjakan dengan rasa daging gurih yang bertekstur kenyal dan nikmat. Apalagi bila dicampur roti sebagai pendamping sekaligus pelengkap hidangan.

Daging empuk sempurna menjadi “senjata” utama menu ini. Penikmatnya tidak akan merasa kerepotan ketika memotong irisan tebal daging ini. Apalagi ketika potongan daging dikunyah di dalam mulut, kita akan dikejutkan dengan tekstur daging yang super lembut dalam setiap gigitan. Kenikmatan akan semakin bertambah ketika disantap bersama lumeran saus cauliflower dan keripik kentang. Menu ini juga kaya rempah. “Saya mencampurnya dengan berbagai sayuran seperti wortel dan selada,

pasta tomat, dan kaldu ayam. Masukkan semua ke dalam vacum pack (kantong plastik), lalu diletakkan dalam oven dengan panas 90 derajat selama enam hingga tujuh jam,” ujar Martin. “Temperatur yang kecil membuat daging sangat empuk,” jelasnya. Saus cauliflower yang diratakan di bawah daging turut menambah cita rasa masakan ini. Saus sedikit creamy, membuat keempukan daging semakin menonjol. Sementara crispy keripik kentang membuat pertemuan tekstur daging semakin unik.


A13

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

Culinary

DESSERT

BLACK FOREST GATEAU

APPLE TART TATIN

Nama hidangan ini mungkin terdengar asing di telinga. Namun, saat mencobanya, rasa familiar akan langsung menempel di lidah. Ini panekuk raisin (kismis) yang dipotong kecil-kecil dengan taburan buah stroberi segar. Panekuk manis dan empuk! Buah stroberi dan kismis menambah warna dari rasa panekuk ini. Manis dan asam langsung terasa ketika menyantapnya sekaligus. Selain itu, terdapat pula potongan buah pir direndam dalam air manis. Uniknya, buah pir ini tidak lagi terasa keras dan padat, tapi lembut dan lumer di mulut. Chocolate Fondant with Vanilla Ice Cream

FOTO-FOTO: HARIAN NASIONAL | BAYU INDRA KAHURIPAN

Z Kaiserschmarr with Raisin

KAISERSCHMARR WITH RAISINS

Bagi penyuka cokelat hitam, menu ini adalah “surga”. Rasa dark chocolate yang pahit dan pekat langsung mendominasi. Namun, jangan takut! Untuk menekan rasa ini agar menjadi soft, tersedia es krim vanila

sebagai makanan pendamping. Rasa dingin dan manis es krim berpadu manis dengan pahit dark chocolate. Black Forest Gateau Makanan ini mungkin terlihat aneh dilihat karena terdiri atas lembaran cokelat yang ditekuk bundar dengan bagian atas dibuat menyempit. Namun, jangan salah, saat memotongnya, terdapat kue lezat dengan bagian atas vanilla di dalamnya. Uniknya saat kue ini dipotong, cairan cokelat langsung lumer meleleh. Dan, ketika dicicipi cokelat terasa lebih soft dibandingkan Chocolate Fondant with Vanilla Ice Cream. Dan, meskipun ditambah vanilla, menu ini justru menawarkan rasa manis yang pas, tidak terlalu berlebihan. OBINTANG RAHMAT

MARTIN WEISE

Kekayaan Rempah Eksotis MAKANAN yang dihidangkan chef Martin Weise memiliki kombinasi yang unik, tapi nyatanya masih dapat diterima oleh lidah orang Indonesia. Sebut saja Beef Tartar with 63 Degree Egg Yolk Pickle Onion & Rye Bread. Menu berbahan dasar daging sapi mentah ini disulapnya menjadi hidangan nikmat. Keberhasilan ini tidak terlepas dari taburan rempah dalam masakannya. Chef asal Jerman ini sangat suka memakai bahan tersebut dan kerap kali bereksperimen untuk menyesuaikannya dengan lidah warga lokal. “Berkeliling dunia, menciptakan makanan yang terinspirasi dari berbagai budaya, serta metode memasak dan berbagai rempah eksotis adalah hal yang membuat saya bersemangat,” ujarnya. Kecintaannya pada rempah sudah tampak saat dirinya masih kecil. Rempah sudah menjadi bagian dari dunianya ketika itu. “Saya berasal dari desa kecil di Jerman. Saat itu saya memiliki kebun rempah sendiri.

LION AIR MULAI 25 SEPTEMBER 2019

MEDAN – KULON PROGO (YIA) Jam 06.00

KULON PROGO (YIA) – MEDAN Jam 09.20

KULON PROGO – TARAKAN Jam 06.00

TARAKAN – KULON PROGO Jam 09.50

Chef Martin Weise menata sajian hidangan pencuci mulut.

Kedua orangtua saya sangat suka berkebun. Dulu ayah saya seorang chef dan mengenalkan rempah kepada saya. Dia selalu memasak menggunakan rempah, sehingga makanannya terlihat lebih segar,” kata dia. Masakan Jerman, menurut Martin, termasuk hidangan yang berat. “Karena kami menggunakan banyak butter, krim, dan daging. Oleh sebab itu, saya menggunakan rempah agar rasanya lebih soft dan tentunya segar,” tuturnya, menambahkan. Kecintaan dan rasa penasaran pada rempah

bertambah ketika dirinya mulai bekerja di wilayah Asia, khususnya Indonesia. Keanekaragaman rempah di daerah ini membuatnya kian antusias bereksperimen, mengombinasikan makanan Eropa dengan rempah Indonesia dan sebaliknya. “Rempah di sini sangatlah berbeda. Rempah di wilayah Asia memiliki rasa yang lebih kompleks. Di sisi lain, saya bisa mencoba memasak makanan Indonesia menggunakan rempah dari luar seperti rosemary,” ungkapnya. OBINTANG RAHMAT

KULON PROGO – PONTIANAK Jam 11.40

PONTIANAK – KULON PROGO Jam 14.00


National Event

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

INDONESIA COMIC CON KE-5

Museum Optimalkan Ruang Publik

HARIAN NASIONAL | BAYU INDRA KAHURIPAN

Magnet Ranger Merah dan Kreator Konten EDISI kelima gelaran Indonesia Comic Con 2019 dipastikan menjadi pesta yang memanjakan generasi 1990-an sekaligus ajang nostalgia pencinta serial Mighty Morphin Power Rangers (1993–1999). Austin St John ‘Ranger Merah’ siap berbagi cerita dan pengalaman dalam selebrasi budaya pop di Jakarta, 12-13 Oktober ini. “Dari 800 episode atau lebih, setiap seri mungkin mendapat tempat di hati anak-anak masa itu. Kami (setiap tokoh Power Rangers) representasi semua ras dan golongan, mewakili lelaki dan perempuan,” ujar Austin dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (10/10). Kali pertama menginjakkan kaki di Indonesia kemarin, aktor 45 tahun tersebut tak sabar merasakan atmosfer berbeda pada penyelenggaraan pesta budaya pop di negeri yang berjarak 22 jam dari tanah airnya. “Power Rangers disiarkan di sekitar 40 negara dunia dan dialihbahasakan ke dalam banyak bahasa. Selama itu pula, saya banyak ngobrol dengan mereka yang punya kenangan manis ataupun sedih,” tuturnya. Ia menjelaskan, ba-

Pemeran ‘Ranger Merah’ Austin St John (kanan) dalam konferensi pers Indonesia Comic Con di Jakarta.

nyak yang mengenang Power Rangers sebagai masa-masa indah berkumpul bersama keluarga. Di sisi lain, kata dia, ada juga yang mengaku bahwa hanya saat menonton serial itulah, seseorang merasakan kehangatan keluarga. “Saya kira karakterkarakter dalam serial, yang sesuai kepribadian tiap-tiap orang, sangatlah spesial. Terlebih ketika kami bisa membuat mereka tersenyum dan senang,” tuturnya. Tak hanya mengenang masa kecil atau remaja bersama generasi 1990-

an, ekshibisi budaya pop lintas usia tahun ini juga menyiapkan rangkaian acara menarik dan unik. “Banyak yang bikin beda tahun ini, terutama konten-kontennya, mulai dari komik, toys, games, film, dan lifestyle. Ini menjadi ruang penting para kreator lokal memamerkan karya mereka yang hype di Instagram dan tentunya, relatable sama kitakita,” kata manajer event Andriani Tirtawisata. Sosok yang akrab disapa Yani ini menjelaskan singkat sejumlah konten dalam acara berdurasi dua

hari. Pencinta komik dan kolektor berkesempatan bertatap muka dan berbagi dengan sejumlah artis komik, baik nasional maupun internasional. Untuk segmentasi toys, berbagai brand bakal hadir dalam seleksi hunting tahun ini, baik itu hot toys, collectibles, aneka figurine, hingga bandai. “Kami juga menyiapkan ruang khusus untuk copsplayer, termasuk 12 cosplayer lokal yang akan buka booth dan berbagi ide seperti makeup class dan selfie expert,” kata Yani. OBAYU INDRA KAHURIPAN

Jelajah Gua Stimulasi Kreativitas Anak kemungkinan. Jakarta, 25 Lingkungan Oktober 2019 tersebut, hingga Maret kata Mit Jai 2020. Sesuai Inn, dinilai tema, ruang menstimulasi ini akan berkreativitas dan transformasi eksperimentasi penuh agar karya instalasi MIT JAI INN dalam diri anak. “Saya harap area ini Warna dalam Gua dapat menginspirasi para bisa dirasakan secara pemikir muda yang kreatif maksimal. dan pengunjung lainnya, Anak-anak dapat tanpa terbatas usia, untuk menjelajahi area yang menciptakan tujuan positif dirancang untuk terlihat dalam penjelajahan kreatif seperti gua. Ini simbolisasi mereka,” ujar Mit Jai Inn tempat manusia tinggal dalam keterangan pers dan berlindung. Konsep yang diterima HARIAN gua sengaja dipilih oleh NASIONAL, Kamis (10/10). sang perupa. Menurutnya, “Sebagai ahli bermain lingkungan yang lengang yang alami, anak-anak bisa laiknya gua dapat mendapat pengetahuan menajamkan indera melalui cara belajar yang dan membuka pikiran menyenangkan, inovatif, untuk mencoba berbagai SILVERLENS | MUSEUM MACAN

S

etelah bermain warna di Floating Garden milik Entang Wiharso, kemudian mengeksplorasi fungsi kardus bekas bersama Gatot Indrajati dalam ruang berkonsep Kotak Utak-Atik, dan Main Getah bareng seniman Malaysia Shooshie Sulaiman, kini giliran perupa kenamaan Thailand Mit Jai Inn menampilkan karya pertamanya yang sengaja dirancang untuk memanjakan anak Indonesia. Color in Cave atau dalam Bahasa Indonesia Warna dalam Gua akan memanjakan siapa pun yang menginjakkan kaki di Ruang Seni Anak, Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN),

dan imajinatif dalam area yang diciptakan untuk mereka,” kata dia. Sebelum memasuki “gua”, pengunjung dapat memilih memakai jubah yang berfungsi sebagai kostum selagi berpartisipasi dalam area. Ada berbagai aktivitas di dalam. Termasuk melukis dinding gua dan instalasi lunak menyerupai bebatuan. “Anak-anak didorong untuk merasa bebas dan tidak takut. Juga berkreasi di luar imajinasi mereka. Gua dirancang sebagai lingkungan komunal untuk mereka dapat bermimpi dan berkarya,” tutur Direktur Museum MACAN Aaron Seeto. OBAYU INDRA KAHURIPAN

A14

KEBUDAYAAN berkaitan erat dengan identitas bangsa Indonesia. Peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam melestarikan dan mengembangkan budaya pun jadi perhatian. Maka, museum sebagai “rumah” bagi seluruh asa pelestarian semestinya tidak hanya untuk melihat arsip, tapi lebih dikembangkan sebagai ruang publik ramah masyarakat. Dengan demikian, seiring pergeseran tren yang serbadigital, diperlukan SDM fresh dan unggul untuk menarik minat generasi kekinian. “Perkembangan museum, terutama di daerah tidak menentu. Ada yang baik bahkan juga turun. Kondisi ini karena SDM dan tata kelola yang digabung-gabung sehingga museumnya tidak dapat dikembangkan,” ujar Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Fitra Arda kepada HARIAN NASIONAL di Jakarta, Kamis (10/10). Nilai guna museum sebagai ruang publik, kata Fitra, selayaknya lebih ditingkatkan. Baik itu dengan adanya diskusi, fashion show, hingga beragam acara kesenian lainnya yang tentu saja disukai kaum muda. “Sebagian besar koleksi museum sudah bagus-bagus, tapi tidak diimbangi dengan tenaga yang kompeten dalam mengembangkan cerita yang menarik.

Museum diharapkan mengembangkan kajian tentang koleksi,” kata dia, menambahkan. Saat ini, dalam mengelola museum perlu adanya tenaga bantuan dari kalangan muda yang kreatif. Media sosial harus digunakan dalam berkampanye museum yang ramah dan menyenangkan. “Situasi kondisi di Indonesia juga perlu sebagai ajang promosi. Misalnya, tahun ini adalah tahun politik, jadi museum perlu ada program tentang bagaimana masyarakat mengenal sejarah politik di Indonesia.” Lebih mendekatkan museum kepada masyarakat, salah satu caranya dengan menggandeng komunitas. Komunitas lebih aktif dalam hal sosialisasi mengenai program-program yang ada di museum. Program dari instansi pendidikan seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mewajibkan mahasiswa ke daerah pun wajib dimaksimalkan. Termasuk dengan mengadakan pameran koleksi museum di daerah tersebut. “Adanya pusat kesenian yang sifatnya spesifik atau pusat kebudayaan di kabupaten atau kota menjadi bagian penting untuk membangun indeks budaya,” tutur Samuel Agustinus, pegiat Taman Budaya. OLANGGENG PUJI KUSDIANTORO


A15

Global Event

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

BTS Buka Toko Pop-up di Seoul SETELAH memiliki banyak toko popup di luar negeri, boyband kenamaan Korea Selatan BTS segera membuka concept store serupa di tanah air. House of BTS akan menyambut para penggemar di salah satu blok di Gangnam, Seoul, mulai 18 Oktober 2019 hingga 5 Januari 2020. Agensi mereka Big Hit Entertainment menyatakan, House of BTS menyediakan beragam konten yang telah di-upgrade. Tentunya, lebih lengkap dari ‘BTS World Tour Pop-Up Store’ di Los Angeles, Chicago, New York (AS), London (Inggris), dan Paris (Prancis) selama Mei dan Juni 2019. Plus merchandise tur dari ‘Love Yourself: Speak Yourself’. Toko pop-up ini menempati satu bangunan penuh di Gangnam yang terdiri atas empat lantai, termasuk basement. Pengunjung bebas memasuki ruang pamer yang akan memberikan pengalaman utuh dengan “dunia

BTS”, mulai dari menonton video klip hingga berbelanja merchandise, makanan, dan minuman. Namun, berbeda dari toko pop-up sebelumnya yang buka hanya selama tur dunia, House of BTS melayani seluruh kebutuhan ARMY dalam waktu yang lumayan panjang, yakni hingga 80 hari. Sementara itu, terkait konsep store-nya, tema yang diusung didominasi warna nge-pop yakni pink. Inspirasi seleksi warna ini dari single andalan album BTS ‘Map of the Soul: Persona’, Boy With Luv, hasil kolaborasi dengan Halsey. Karya seni yang ditampilkan pun diambil dari lagu-lagu BTS seperti DNA, MIC Drop, dan sebagainya. “House of BTS akan menjadi kompleks ruang eksperimental yang jauh lebih spektakuler dan menakjubkan dibanding tokotoko pop-up sebelumnya. Pengunjung akan merasakan pengalaman beragam di sini. Jadi, kami harap ini akan jadi ruang bagi banyak orang bersenang-senang, bukan hanya para fans,” demikian pernyataan yang dirilis Big Hit Entertainment, Kamis (10/10). OBILLBOARD | VARIETY | DEVY LUBIS

Agenda

Pejalan kaki yang melintas melihat-lihat lukisan raksasa Asterix dan Obelix yang digambar di dinding Stasiun Metro Roma di Paris, Rabu (9/10) waktu setempat. Gambar kaya warna itu sengaja dibuat untuk memperingati 60 tahun kelahiran dua karakter komik paling terkenal di Prancis dalam petualangan Asterix dan Obelix.

AFP | FRANCOIS GUILLOT

Boyband Korea Selatan itu menghibur pencinta K-pop Arab Saudi hari ini, Jumat (11/10).

60 TAHUN ASTERIX DAN OBELIX

Disney “Remake” Kartun Inspector Gadget DISNEY menggarap film klasik Inspector Gadget versi live-action. Dalam pengembangan remake gaya baru untuk generasi kekinian itu, konglomerasi media dan hiburan tersebut menggandeng penulis Saturday Night Live, Mikey Day dan Streeter Seidell. Serial kartun Inspector Gadget dirilis kali pertama pada 1983. Sebagaimana dilansir NME, Kamis (10/10) WIB, film ini merupakan salah satu unggulan dari beberapa re-boot Disney tahun ini. Tak heran, dalam versi terbaru nanti, tercatat nama Dan Lin dan Jonathan Eirich di jajaran

produser. Sebelumnya, keduanya sempat bekerja sama dalam penggarapan live-action film Aladdin. Membangkitkan kecintaan publik pada serial kartun klasik tak mudah di era digital. Film Inspector Gadget yang sekarang digarap Disney bukan satu-satunya daur ulang. Beberapa tahun terakhir telah digarap sejumlah spin-off-nya, termasuk remake (juga) live-action pada 1999, yang menampilkan Matthew Broderick sebagai Gadget. Namun, tanggal rilis belum diumumkan. Disney akan meluncurkan layanan berlangganan Disney+

Who & Why

KIKAN

Peran Perempuan LOKASI : CELEBES CONVENTION CENTER

29 NOVEMBER–1 DESEMBER 2019

IIMS MOTOBIKE EXPO 2019 LOKASI : ISTORA GBK SENAYAN

27–29 NOVEMBER 2019

JAKARTA SMART LIVING EXPO (JSMART) 2019 LOKASI : JAKARTA INTERNATIONAL EXPO

INSTAGRAM

bangsa bisa kita lakukan dalam keluarga. Bagaimana menyampaikan kepada anak-anak kita bahwa perbedaan dan keberagaman itu suatu hal ha yang biasa,” HARIAN ujar Kikan n kepada k NASIONAL, NASIONA AL, beberapa waktu lalu.  yang lalu u.  Karenanya, ia berharap Kare en di Indonesia ibu-ibu ud membiasakan anakmemb bia anak berinteraksi an nak dengan siapa saja de ttanpa memandang ssuku, agama, atau warna kulit.  “Semangat kebersamaan ini yang harus diturunkan ibu kepada anaknya. Jangan justru kita sebagai ibu mengajarkan kepada anakk anak untuk hanya a bergaul dengan b orang-orang yang o sama dengan kita,” s kata dia. OYAUMAL k ASRI HUTASUHUT

BAMBANG SOESATYO ANTARA | NOVA WAHYUDI

17–20 OKTOBER 2019

MAKASSAR HALAL EXPO 2019

N

ama band Cokelat tidak asing lagi bagi generasi 1990-an. Lagu mereka berjudul Bendera hingga saat ini masih sering terdengar, khususnya a saat momen peringatan Hari H Kemerdekaan Indonesia e esia dan acara kebangsaan lainnya. i innya.  Adalah Namara Surtikanti atau lebih h dikenal dengan Kikan n yang menjadi vokalis pertama a ama band asal Bandung in ini. ni. Namun, ia memilih keluar pada 2010.  Sebagai musisi dan ibu dari dua anak, Kikan menyadari betul peran penting seorang perempuan, khususnya dalam keluarga dan secara luas untuk menjaga keutuhan NKRI. “Peranan penting seorang perempuan untuk menjaga keutuhan

pada November 2019. Dan, salah satu judul film re-boot yang diumumkan adalah Home Alone, sementara versi baru Night at the Museum, Cheaper by the Dozen, dan Diary of a Wimpy Kid masih dalam tahap pengerjaan. Awal tahun ini, Disney mengumumkan rencana perilisan 25 original series dan 10 original film, termasuk dokumenter, yang akan menjadi program tetap Disney+ hingga setahun ke depan. termasuk di antaranya The Mandalorian (spin-off film Star Wars) dan Forky Asks a Question—bagian dari project Toy Story. ODEVY LUBIS

Batik

KETUA Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet mengimbau agar pimpinan MPR sebisa mungkin menggunakan batik saat menghadiri acara atau bertugas di MPR. Menurut Bamsoet, memakai batik bukan sekadar untuk bergaya, tapi juga bentuk kecintaan pada budaya Indonesia. “Kami hadir di sini bersepuluh dengan berbatik ria, ini menunjukkan bahwa kami memang cinta dengan kebudayaan Indonesia,” kata Bamsoet, saat membuka rapat pimpinan MPR di Jakarta, Rabu (9/10). Ia berharap pimpinan MPR seterusnya dapat mengenakan batik, “Upayakan mengenakan batik apabila sedang tidak terpaksa atau diharuskan untuk mengenakan jas,” ujarnya. Selain sebagai wujud kecintaan terhadap bangsa Indonesia, mantan Ketua DPR ini mengatakan, apresiasi langsung terhadap batik juga dapat membantu pengusaha batik atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada. “Dengan menggunakan batik bukan hanya menunjukkan kecintaan pada Indonesia, tetapi kita juga bisa membantu pengusaha batik dan UMKM yang ada di Indonesia,” kata Bamsoet. OSHERLYA PUSPITA SARI


B

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

MUELLER SUSAH HATI

ATLETIK TANPA BEBAN MEDALI

Penyerang veteran Jerman itu lebih sering mengisi bangku cadangan ketimbang bermain.

Mengandalkan sprinter pelapis, lari jarak pendek tak targetkan medali.

» B18

» B23

Sports

17

PANGGUNG LONDON (HN) Inggris

tidak benar-benar berkeringat menjalani rivalitas Grup A kualifikasi Euro 2020. Dari empat pertandingan, Tiga Singa selalu merebut kemenangan, termasuk mencetak 19 gol dan hanya kebobolan empat. Imbasnya, pasukan Gareth Southgate mengunci puncak klasemen dengan 12 poin, unggul tiga angka dari Republik Ceko di tempat kedua. Ceko sudah melewati lima penampilan. Alhasil, Inggris hanya memerlukan satu kemenangan lagi untuk mengamankan satu tempat di putaran final Euro 2020. Kesempatan itu datang di Sinobo Stadium, Praha, Sabtu (12/10) dini hari WIB, ketika melawan Ceko. Di bawah kendali manajer Gareth Southgate, penampilan Tiga Singa kian menjanjikan. Usai hanya menjejak babak 16 besar Euro 2016, termasuk babak grup Piala Dunia 2014, jalan Inggris langsung melejit. Tahun lalu, pasukan Southgate berhasil mencapai semifinal Piala Dunia 2018. Mereka juga menempati tiga besar Liga Nasional Eropa. Alhasil, tak sulitnya rasanya membayangkan Inggris bermain di putaran final Euro 2020. Tiga Singa bahkan berstatus favorit juara. “Jika kami ingin dianggap sebagai salah satu tim terbaik

R I VA L I TAS G R U P A R E P U B L I K C E KO O 0-5 2-1 3-0 1-2 3-0

INGGRIS BULGARIA A MONTENEGRO EGR G O KOSOVO MONTENEGRO EGR RO

INGGRIS 5-0 5-1 4-0 5-3

REPUBLIK K CEK CEKO MONTENEGRO EGRO BULGARIA A KOSOVO

di Eropa, melangkah jauh di Euro dan memenangkan kompetisi, jumlah kebobolan kami harus lebih sedikit,” kata bek Liverpool Trent Alexander-Arnold, seperti dilansir AFP, Kamis (10/10). Di Grup A, Inggris menjadi satu-satunya tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit. Mereka hanya kemasukan empat gol dari empat penampilan. “Kami harus kebobolan lebih sedikit gol. Sebagai bek dan sebagai tim kami tahu di mana harus meningkatkan dan di mana harus bekerja,” tutur bek kanan Inggris berusia 21 tahun itu. Serupa Alexander-Arnold, skuad Soutghate juga dihunikan mayoritas pemuda. Di lini serang, misalnya, ada Raheem Sterling (24), Marcus Rashford (21), Jadon Sancho (19), termasuk Tammy Abraham (22). Abraham kini kian sering dibicarakan. Penampilannya bersama Chelsea terus memukau. Tak heran jika Southgate kepincut membawanya ke tim nasional. Bersama Inggris, mantan penyerang Aston Villa itu baru

Vaclik; Coufal, Suchy, Celustka, Boril; Kral, Soucek; Masopust, Darida, Jankto; Schick | Pelatih: Jaroslav Silhavy

mencatatkan dua penampilan. Alhasil, bentrokan di Praha bisa menjadi panggung Abraham untuk mematenkan tempatnya di Tiga Singa. Caranya jelas, memberikan banyak kontribusi dan gelontoran gol. Namun, akan mengejutkan jika Southgate memilihnya sebagai starter ketika melawan Ceko, imbas ada Harry Kane, Raheem Sterling, juga Jadon Sancho. “Dia (Kane) adalah striker terhebat di dunia,” kata Abraham kepada Evening Standard. “Aku akan pergi dan belajar darinya, semoga menjadi seperti dia.”

AFP | GLYN KIRK

Gelontoran gol bisa mempermanenkan posisi penyerang 22 tahun itu di tim nasional.

z AHMAD REZA S

REPUBLIK CEKO (4-2-3-1)

INGGRIS (4-3-3)

Pickford; Alexander-Arnold, Maguire, Gomez, Chilwell; Henderson, Rice, Barkley; Sterling, Kane, Sancho | Manajer: Gareth Southgate

T E M PAT : S I N O B O S TA D I U M , P R A H A | WA K T U : S A B T U ( 1 2 / 1 0 ) , P U K U L 0 1 . 4 5 W I B


Sports

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

B18

Kilas Penyerang veteran Jerman itu lebih sering mengisi bangku cadangan ketimbang bermain. MUNICH (HN) Rivalitas musim baru Bundesliga telah melewati pekan ketujuh. Namun, striker Bayern Munich Thomas Mueller masih kekurangan waktu bermain. Penyerang internasional Jerman berusia 30 tahun itu kerap mengisi bangku cadangan. Mueller bahkan tidak menjadi starter di lima laga terakhir The Bavarians. Saat juara bertahan Bundesliga itu menghancurkan Tottenham Hotspur 7-2 di babak grup Liga Champions, 2 Oktober, Mueller tak bermain. Pelatih Niko Kovac lebih mempercayai Robert Lewandowski sebagai ujung tombak dengan skema 4-2-3-1. Kondisi ini membuat suasana hati Mueller tak tenang. “Tren yang membuat saya tidak bahagia,” katanya kepada Kicker, seperti dilansir AFP, Kamis (10/10). “Saya baru berusia 30 tahun,” ujarnya menambahkan. “Saya dalam kondisi sangat baik dan saya lapar untuk sukses, baik dengan klub maupun secara pribadi. Saya sangat yakin dengan kualitas saya, saya dapat terus membantu tim.” Hasrat ini yang membuat Mueller akhirnya memikirkan kemungkinan baru. Pintu keluar Allianz Arena tampak realistis,

OAHMAD REZA S

Messi Bantah tak Menyukai Griezmann MEGABINTANG Barcelona Lionel Messi sebenarnya berharap Neymar kembali ke Camp Nou. Namun, kesepakatan dengan Paris Saint-Germain tak kunjung terealisasi. Musim panas lalu, Blaugrana mendatangkan bintang Prancis Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Messi membantah hubungannya dengan Griezmann tak harmonis. “Saya ingin Neymar datang, dia adalah salah satu yang terbaik di dunia,” kata Messi, seperti dilansir AFP, Kamis (10/10). Tentang Griezmann, Messi melanjutkan, “dia juga salah satu yang terbaik, dan yang terbaik selalu diterima. Aku tidak pernah punya masalah dengan kedatangan Griezmann.”

andai pelatih Niko Kovac terusterusan memberikan Mueller peran pemain pengganti. “Jika pelatih hanya melihat saya sebagai pemain pengganti di masa depan, saya harus memikirkan semuanya. Saya terlalu ambisius untuk itu,” kata Mueller. Kehadiran Philippe Coutinho menjadi alasan lain Mueller sering mengisi bangku cadangan. Kovac lebih mempercayai mantan bintang Liverpool dan Barcelona itu sebagai gelandang serang, berada di belakang Lewandowski. Mueller bahkan hanya bermain di 30 menit terakhir ketika Bayern secara mengejutkan dikalahkan Hoffenheim di rumah, 5 Oktober. Menurut surat kabar Bild, Mueller sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan klub yang ia bela sedari 19 tahun lalu. Ketika berusia 11 tahun, Mueller bergabung dengan akademi The Bavarians. Baru pada 2008 ia menembus skuad utama. Selama satu dekade terakhir, Mueller mampu mencetak 186 gol. Lahir dan dibesarkan di Bavaria, Mueller telah memenangkan gelar Bundesliga sebanyak delapan kali, mengangkat lima trofi Piala Super Jerman, dan mahkota Liga Champions pada 2013. Pada Meret lalu, Mueller bersama Jerome Boateng dan Mats Hummels mendapatkan kabar mengejutkan dari Pelatih Jerman Joachim Loew. Ketika itu, Loew menyatakan karier ketiga pemain bersama tim nasional berakhir. OAHMAD REZA S

OAHMAD REZA S

THOMAS MUELLER

memento

LAHIR: WEILHEIM IN OBERBAYERN, JERMAN 13 SEPTEMBER 1989 (30) POSISI: STRIKER

JEJAK MUSIM INI BUNDESLIGA CAPS MENIT

GOL

ASSIST

7 287 - 4 DFB POKAL CAPS MENIT

ASSIST

1 90 - -

11 Oktober

PIALA SUPER JERMAN CAPS MENIT GOL

AFP | CHRISTOF STACHE

Pada 2006, Kroasia berhasil mengalahkan Inggris 2-0 di kualifikasi Euro 2008. Kemenangan Kroasia disebabkan gol bunuh diri Inggris.

GOL

ASSIST

1 66 - LIGA CHAMPIONS CAPS MENIT

GOL

ASSIST

1 7 1 -

AKSI PENDUKUNG IRAN Aksi pendukung perempuan saat menyaksikan Timnas Iran mengalahkan Kamboja 14-0 pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Azadi, Teheran, Kamis (10/10). Kehadiran perempuan di stadion adalah sejarah, mengingat sudah 40 tahun mereka dilarang memasuki stadion.

Habis Liverpool Terbitlah Jerman

K

ontrak Juergen Klopp bersama Liverpool memang baru berakhir tiga tahun lagi. Namun, pelatih berusia 52 tahun itu mulai memikirkan masa depannya. Klopp sadar pekerjaannya di Anfield tidak akan bertahan selamanya. Opsi mengakhiri tanggung jawab sebelum kontrak berakhir pun sempat tercetus. Kendati demikian, mantan bos Borussia Dortmund itu tetap berkomitmen bersama The Reds. Ketika tugas bersama Liverpool sudah paripurna, Klopp berencana mengarsiteki Tim Nasional Jerman. Pekerjaan tersebut terus dipikirkan Klopp. Der Panzer memang masih dinakhodai Joachim Loew. Namun, kontrak pelatih berusia 59 tahun itu hanya sampai 2022. Kendati demikian, ada banyak kemungkinan tugas Loew berakhir di tengah jalan. Andai terjadi, maka Jerman memerlukan pengganti dengan profil serupa Klopp. “Jika pertanyaan itu muncul (ditawari melatih Jerman), saya akan memikirkannya, tapi tidak sekarang,” kata Klopp kepada Magenta TV, seperti dilansir Goal, Kamis (10/10). “Sekarang, saya benar-benar senang dengan apa yang saya lakukan (bersama Liverpool), dan itu penting dalam keseluruhan cerita,” ujarnya menambahkan. Sudah empat tahun Klopp berada di Anfield. Pada 2015, ia mengakhiri kerja samanya dengan Borussia Dortmund, klub yang dilatih sedari 2008. Klopp menjadi salah satu aktor dibalik kesuksesan Die Borussen.

AFP | PAUL ELLIS

MEGABINTANG Paris SaintGermai Neymar menjadi pemain termuda yang mencatatkan 100 penampilan untuk Brasil. Pencapaian ini dibuat Neymar ketika Brasil menghadapi Senegal dalam pertandingan persahabatan di Singapura, Kamis (10/10) malam WIB. Sayang, penyerang berusia 27 tahun itu tak membuat gol. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-1. Satu-satunya gol Brasil dibuat penyerang Liverpool Roberto Firmino. Neymar, yang tidak bermain bersama tim nasional ketika Brasil memenangkan Copa America 2019, memiliki permainan yang relatif tenang. Mantan pemain Barcelona itu nyaris mendapatkan dari tendangan bebas pada menit 67.

AFP | ATTA KENARE

Neymar Catatkan 100 Caps untuk Brasil

JUERGEN NORBERT KLOPP STUTTGART, JERMAN, 16 JUNI 1967 (52)

2001–2008 2008–2015 2015–

KARIER MANAJERIAL Mainz 05 Borussia Dortmund Liverpool

KOLEKSI TROFI BORUSSIA DORTMUND Bundesliga 2010/2011, 2011/2012 DFB Pokal 2011/2012 Piala Super Jerman 2013, 2014 LIVERPOOL Liga Champions 2018/2019 Piala Super Eropa 2019

Selama tujuh tahun mengarsiteki Dortmund, Klopp berhasil memberikan dua gelar Bundesliga dan Piala Super Jerman, serta satu DFB Pokal. Klopp juga membawa Die Borussen ke final Liga Champions pada musim 2012/2013. Di Anfield, Klopp dipuja layaknya pahlawan. Satu gelar Liga Champions dan Piala Super Eropa menjadi teman perjalanannya selama empat tahun. Kini, Klopp dihadapkan pada tugas baru: memberikan Liverpool trofi Liga Primer yang sudah 29 tahun tak pulang ke Anfield. Hingga pekan pekan delapan liga, The Reds belum ternoda. Mereka melewati seluruh pertandingan dengan kemenangan. OAHMAD REZA S


B19

Sports

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

MASALAH DER PANZER

JERMAN

2 2 VS

Gnabry 15 Havertz 22

kedudukan menjadi 2-2. “Kami menunjukkan kematangan selama pertandingan,� kata Pelatih Argentina Lionel Scaloni usai laga, seperti dilansir AFP, kemarin. “Kami membuat dua atau tiga kesalahan di babak pertama, tapi membalas di babak kedua. Dengan lebih sabar, kami mengambil banyak hal positif untuk masa depan.� Scaloni jelas bangga bisa menahan Jerman di Signal Iduna Park, apalagi Argentina tanpa diperkuat Messi, Aguero, juga Di Maria. Sebaliknya, hasil imbang membuat Joachim Loew memiliki banyak pekerjaan rumah. Menghadapi Albiceleste, pelatih berusia 59 tahun itu menerjunkan tim eksperimental. Sejumlah bintang tim nasional dilanda cedera. Imbasnya, Loew memainkan sejumlah muka baru. Ada empat pemain yang men-

AFP | INA FASSBENDER

Joachim Loew punya tugas berat untuk memperbaiki sejumlah kesalahan Jerman. DORTMUND (HN) Ada banyak pekerjaan rumah yang dimiliki pelatih Joachim Loew, menyusul hasil imbang 2-2 yang didapat Jerman ketika menjamu Argentina di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (10/10) dini hari WIB. Laga kemarin memang sekadar persahabatan. Namun, ada banyak celah yang ditunjukkan pasukan Loew. Menghadapi Argentina yang tanpa diperkuat Lionel Messi, Sergio Aguero, termasuk Angel Di Maria, Der Panzer gagal bermain konsisten. Tim tuan rumah sebenarnya hanya perlu 22 menit untuk unggul 2-0, berkat gol Serge Gnabry dan Kai Havertz. Namun, bencana datang di babak kedua. Dua pemain pengganti Argentina mampu memanfaatkan celah di lini pertahanan Der Panzer. Lucas Alario dan Lucas Ocampos berhasil menyamakan

ARGENTINA

Ekspresi gelandang Germany Suat Serdar (kiri) bersama bek Robin Koch (kanan) usai menghadapi Argentina di Signal Iduna Park, Kamis (10/10).

jalani debut internasional, yakni Robin Koch, Luca Waldschmidt,

Nadiem Amiri, termasuk Suat Serdar. Koch dan Waldschmidt

Alario 66 Ocampos 85

bermain sedari. Koch menggantikan peran bek tengah Niklas Stark yang mengalami masalah perut. “Kami ingin terus menguasai permainan sejak awal, tapi sayangnya kami tidak bisa bertahan selama 90 menit,� kata Loew. “Kami kehilangan beberapa bola, sedikit keberanian dan mendapat masalah.� Joshua Kimmich juga mengkritik penampilan Jerman saat menghadapi Argentina, terutama di babak kedua. “Di babak pertama, kami mampu melawan. Di babak kedua, kami justru mengejar Argentina dan membocorkan gol,� ujar bek Bayern Munich berusia 24 tahun itu. Kini, Jerman harus segera berbenah. Pada 14 Oktober, mereka harus mengunjungi Estonia pada lanjutan kualifikasi Euro 2020 babak grup. Dari lima penampilan, Der Panzer sudah mengemas empat kemenangan dan satu kekalahan. OAHMAD REZA S

PENERBANGAN

UMROH 1441 H / 2019-2020 M

TERBANG LANGSUNG DARI

11 KOTA DI INDONESIA Banda Aceh Medan Padang Pekanbaru Palembang

– – – – –

Madinah Madinah Madinah Madinah Madinah

Jakarta Solo Surabaya Surabaya Balikpapan

– – – – –

Jeddah Madinah Madinah Jeddah Madinah

Makassar – Madinah Makassar – Jeddah Banjarmasin – Madinah

PENYELENGGARA UMROH PT. ALFIR WISATA UTAMA 9JQU0FQNGFYF/FPFWYF8JQFYFSĂŻPT. ARMINAREKA PERDANA 9JQU *PF'JPFXN/F\F'FWFYĂŻ PT. ARMINDO JAYA TUR 9JQU 9FZKNP >JXXN5FIFSL8ZRFYJWF'FWFYĂŻPT. BELANGI WISATA ISLAMI Telp. 0651 35231, 0812 6988 051 (Ricky), 0811 648 3330 (Rizal), 'FSIF&HJMĂŻPT. DREAM TOURS & TRAVEL 9JQU )NHP^ +FZ_FS2FYWFRFS/FPFWYF9NRZWĂŻPT. MADANI PRABU JAYA Telp. 021 80 111 41, 0822 9925 6714 (Rosa),  .PXFS(F\FSL/FPFWYF9NRZWĂŻPT. QORYATUL HAYYAT 9JQU -JSLP^ -FSSN)ZWJS8F\NY/FPFWYF9NRZWĂŻPT. SIANOK INDAH HOLIDAY 9JQU &SLLN -FRIF5FIFSL8ZRFYJWF'FWFYĂŻPT. SRIWIJAYA MEGA WISATA Telp. 0711 317 000, 0821 8591 2888 (Salwa), Palembang, 8ZRFYJWF8JQFYFSĂŻPT. TIMOHO GROUP 9JQU2FPFXXFW8ZQXJQĂŻPT. ZAFA MULIA MANDIRI Telp. 0811 7885 958, 0711 5700 782, Palembang - Sumatera Selatan KANTOR PERWAKILAN LION AIR BANDA ACEH:/Q&Q-ZIF3T0FRUZSL1FPXFSF5JZSF^TSL'FSIF&HJM9JQUĂŻBALIKPAPAN: Lobby Novotel - Jl. Brigjen Eri Suparjan No 2, Balikpapan, Kalimantan Timur, 9JQUĂŻPADANG: -TYJQNGNX/Q9FRFS8NX\F3T&5FIFSL8ZRFYJWF'FWFY9JQUĂŻPALEMBANG: Hotel Sandjaja - Jl. Kapten A Rivai No.6193 Ilir Timur, Palembang, 8ZRFYJWF8JQFYFS9JQUĂŻ PEKANBARU:5JWPFSYTWFS,WFSI8ZINWRFS3T'5FWNY.SIFM5JPFSGFWZ7NFZ9JQUĂŻ SOLO: Ruko Ibis Kavling 01 - Jl. Gajah Mada No 23, 8TQT/F\F9JSLFM9JQUĂŻ MEDAN:/Q'WNLOJS0FYFRXT3T* 0U'FWZ2JIFS8ZRFYJWF:YFWF9JQUĂŻJAKARTA: LION AIR TOWER - Jl. Gajah Mada No.7, Jakarta Pusat, Call Center : 0804 1 778899, 021 6379 8000 ĂŻMAKASSAR: Jl. A YANI BLOK A22-24, Makassar - Sulsel, Telp. 0411 3680777/3680888


Sports

TAK PANIK REYKJAVIK (HN) Badai cedera menyerang Prancis jelang bentrokan lawan Islandia di Laugardalsvollur, Sabtu (12/11) dini hari WIB. Ini laga ketujuh bagi kedua tim pada kualifikasi Euro 2020 Grup H. Pelatih Prancis Didier Deschamps kehilangan sejumlah bintangnya. Terbaru, penyerang Kylian Mbappe dipulangkan ke Paris Saint-Germain (PSG) demi pemulihan. Alhasil, ia bergabung bersama kapten Hugo Lloris dan Paul Pogba yang absen karena cedera. Deschamps tampak tidak panik. Ia optimistis Prancis tetap bisa mencuri kemenangan dengan materi pemain yang dimiliki. Posisi Lloris akan digantikan Steve Mandanda, sementara penyerang AS Monaco Wissam Ben Yadder siap di-

andalkan dalam mencetak gol. “Saya sudah mengatakannya, Steve selalu menjadi nomor dua. Jika Hugo mengalami cedera serius, ia harus dimainkan menghadapi Islandia,” kata Deschamps seperti dikutip Sports, Kamis (10/10). Mandanda selalu menjadi pelapis Lloris. Kiper berusia 34 tahun itu berpeluang menjalani penampilan ke-29. Kinerjanya di bawah mistar Les Bleus cukup memuaskan. Terakhir, gawangnya tidak kebobolan ketika Prancis bermain imbang 0-0 lawan Denmark pada laga ketika penyisihan grup Piala Dunia 2018 Rusia. Sebaliknya, Ben Yadder tampak dalam performa terbaiknya di AS Monaco. Mantan penyerang Sevilla itu sudah mengoleksi enam gol dari tujuh penampilan Ligue 1. Karenanya ia layak mendapat kesempatan tampil sedari awal lawan Islandia. Prancis menang empat gol tanpa balas ketika menjamu Islandia, 26 Maret. Namun, Deschamps percaya bentrokan di Laugardalsvollur berjalan lebih ketat. “Tampil di kandang lebih mudah dibandingkan jauh dari rumah. Kami mendapat tambahan motivasi ketika bermain di rumah,” kata Deschamps. “Kami perlu mempersiapkan dan mengondisikan untuk siap menjawab persyaratan tingkat tinggi.” Posisi Prancis belum aman. Mereka bersanding dengan Turki di puncak klasemen mengoleksi 15 poin. Islandia menyusul di

ITALIA (4-2-3-1) Donnarumma; D’Ambrosio, Bonucci, Romagnoli, Spinazzola; Verratti, Jorginho; Chiesa, Bernardeschi, Insigne; Belotti Pelatih: Roberto Mancini

YUNANI (4-2-3-1) Vlachodimos; Bakakis, Stafylidis, Siovas, Retsos; Zeca, Bouchalakis; Fetfatzidis, Vrousai, Masouras; Koulouris Pelatih: John van’t Schip TEMPAT: STADIO OLIMPICO, ROMA WAKTU: MINGGU (13/10), PUKUL 01.45 WIB

PRAKIRAAN PEMAIN ISLANDIA (4-4-1-1) Halldorsson; Hermannsson, Arnason, Ragnar Sigurdsson, Skulason; Sigurjonsson, Gudmundsson, Halfredsson, Bjarnason; Gylfi Sigurdsson; Boovarsson Pelatih: Erik Hamren

OSLO (HN) – Gerard Moreno senang bisa memperkuat Timnas Spanyol untuk kali pertama. Ia siap menunjukkan taringnya ketika La Furia Roja mengunjungi markas Norwegia pada lanjutan kualifikasi Euro 2020, Minggu (13/10) dini hari WIB. Moreno tampil mengesankan awal musim ini. Penyerang Villarreal itu mengoleksi enam gol dari delapan penampilan La Liga. Alhasil,

PRANCIS (4-3-3) Mandanda; Pavard, Varane, Lenglet, Digne; Tolisso, Kante, Ndombele; Griezmann, Ben Yader, Lemar Pelatih: Didier Deschamps TEMPAT: LAUGARDALSVOLLUR, REYKJAVIK WAKTU: SABTU (12/10), PUKUL 01.45 WIB

Tampil di kandang lebih mudah dibandingkan jauh dari rumah.

PRAKIRAAN PEMAIN PORTUGAL (4-3-3) Patricio; Semedo, Fonte, Dias, Guerrero; Fernandes, Carvalho, Neves; Bernardo Silva, Ronaldo, Felix Pelatih: Fernando Santos

LUKSEMBURG (4-5-1) Moris; Jans, Chanot, Gerson, Carlson; Vincent Thill, Sinani, Barreiro, Olivier Thill, Rodrigues; Deville Pelatih: Luc Holtz TEMPAT: ESTADIO JOSE ALVALADE, LISBON WAKTU: SABTU (12/10), PUKUL 01.45 WIB

Portugal punya catatan bagus lawan Luksemburg. Dari 15 pertemuan terakhir, mereka meraih delapan kemenangan kandang. Ronaldo diprediksi tidak akan kesulitan mencetak gol. Raihan tiga poin menjaga asa Portugal lolos ke putaran final Euro 2020. Saat ini, Selecao berada di posisi dua Grup B dengan nilai delapan, tertinggal lima angka dari Ukraina yang menempati pucuk klasemen. Mereka juga harus mewaspadai kejaran Serbia yang mengekor di urutan tiga mengoleksi tujuh poin. Gelandang Portugal Ruben Neves menilai konsentrasi timnya mungkin terpecah. Sebab, mereka bakal berjumpa Ukraina, 15 Oktober. Namun, ia mendesak rekan setim lebih dulu fokus meng-

KUALIFIKASI EURO 2020 Kamis (10/10) Kazakhstan Belarus

DIDIER DESCHAMPS PELATIH PRANCIS

urutan tiga dengan nilai 12. Raihan tiga poin lawan Islandia tentu semakin memotivasi Prancis. Sebab, pasukan Deschamps akan menjamu Turki pada laga berikutnya, 15 Oktober.

hadapi Luksemburg. “Kami harus fokus menghadapi Luksemburg, mereka tim bagus yang terorganisasi dan memiliki skema permainan baik,” kata Neves. “Kami tidak boleh melakukan kesalahan, berpikir pertandingan akan mudah, karena itu tidak akan terjadi. Mereka telah menunjukkan dapat membuat beberapa masalah.” Portugal sedang meniti performa terbaiknya. Mereka tidak pernah kalah dalam enam laga terakhir, termasuk memenangkan Liga Nasional Eropa. Pasukan Santos menumbangkan Brasil 1-0, 10 Juni lalu. z ALVIN TAMBA

Euro 2020. Mereka kokoh di puncak Grup J dengan nilai 18, unggul enam angka dari Finlandia yang menempati peringkat dua. Tempat ketiga dihuni Armenia mengoleksi sembilan poin. “Tim kurang lebih sudah dapat diputuskan, mungkin ada dua atau tiga pemain yang masuk dan keluar,” kata Mancini seperti dikutip Idaho Statesman, Kamis (10/10). “Jika ada pemain yang tiba-tiba tidak siap, kami akan melihat apa yang terjadi. Namun, pemain yang pergi ke Euro semuanya ada di sini.”

Mancini ditunjuk sebagai Pelatih Italia pada Mei 2018. Ia selalu memainkan formasi 4-3-3. Para pemain tampak semakin padu. Alhasil, Azzurri tidak terkalahkan dalam enam laga terakhir. Pelatih berusia 54 tahun itu mungkin akan melakukan sejumlah perubahan menghadapi Yunani. Marco Verratti dan Jorginho diprediksi diduetkan sebagai gelandangan bertahan. Sebaliknya, Federico Chiesa, Federico Bernardeschi, dan Lorenzo Insigne diharapkan dapat men-

dukung Andrea Belotti menjebol pertahanan lawan. Mancini juga berpeluang memainkan Ciro Immobile di lini depan. Penyerang Lazio ini sedang meniti performa terbaiknya. Ia sudah mengoleksi tujuh gol dari tujuh penampilan Seri A. “Saya selalu bekerja untuk mencapai level striker hebat, seperti Sergio Aguero dan Robert Lewandowski. Namun, sayangnya kerap melewatkan peluang untuk membuat langkah ekstra,” kata Immobile. z ALVIN TAMBA

ia bersanding dengan Karim Benzema (Real Madrid) dan Loren Moron (Real Betis) di puncak top scorer. Moreno percaya capaian itu menjadi alasan pemanggilannya ke Timnas Spanyol. Menurutnya, tidak mudah untuk penyerang Spanyol menempati puncak top scorer atau meraih Trofi Pichichi. Sebab, mereka harus bersaing dengan Benzema, Luis Suarez, hingga Lionel Messi.

“Sulit memenangkan itu karena ada Messi dan Benzema. Mereka pemain yang selalu mencetak banyak gol dan mendapat peluang mencetak gol,” kata Moreno seperti dikutip Marca, Kamis (10/10). “Saya pikir Messi selalu menjadi pencetak gol terbanyak. Namun, saya berharap ada pemain Spanyol yang menjadi top scorer La Liga.” Spanyol sedang dalam periode positif. Mereka tidak terkalahkan

dalam enam laga kualifikasi. Alhasil, La Furia Roja berkuasa di puncak klasemen Grup F dengan nilai sempurna 18 poin. Norwegia juga berambisi menjaga peluang lolos ke putaran final Euro 2020. Mereka menduduki peringkat empat dengan nilai sembilan. z ALVIN TAMBA

DATA & KLASEMEN

z ALVIN TAMBA

MOTIVASI CETAK 700 GOL capai 700 gol di semua kompetisi sepanjang karier. Ronaldo tampak sudah tidak sabar. Ia mengaku senang dapat kembali memperkuat Portugal. Penyerang berusia 34 tahun itu siap berjuang merebut kemenangan. Dengan begitu, peluang pasukan Fernando Santos ke putaran final terbuka lebar. “Selalu menyenangkan dapat kembali ke negara, mewakili Tim Nasional dan melihat temanteman,” kata Ronaldo seperti dikutip A Bola, Kamis (10/10). “Bersama-sama, kami akan bertarung untuk mengangkat nama Portugal.” Ronaldo mengoleksi 93 gol untuk tim nasional. Ia berpeluang mendekati rekor legenda Iran Ali Daei yang membukukan 109 gol di pentas internasional.

ROMA (HN) – Pelatih Italia Roberto Mancini menilai komposisi pemain Azzurri untuk Euro 2020 tidak banyak berubah dari kualifikasi. Kini, ia hanya perlu mematangkan formasi yang harus digunakan. Menurut Football Italia, Mancini siap menguji formasi 4-2-3-1 ketika bersua Yunani pada lanjutan kualifikasi Euro 2020 Grup J, Minggu (13/10) dini hari WIB. Dengan begitu, Azzurri diharapkan memiliki banyak pilihan. Italia di ambang mengamankan satu tempat di putaran final

PEMBUKTIAN GERARD MORENO

DIDIER DESCHAMPS | PELATIH PRANCIS

LISBON (HN) – Megabintang Cristiano Ronaldo berpeluang mengukir rekor ketika Portugal bersua Luksemburg pada lanjutan kualifikasi Euro 2020, Sabtu (12/10) dini hari WIB. Ia sekadar perlu mencetak dua gol untuk men-

MATANGKAN FORMASI PRAKIRAAN PEMAIN

2. Irlandia Utara 3. Belanda 4. Belarus 5. Estonia

21.00 Cyprus 23.00 Estonia

Jumat (11/10) Belanda Slovakia Kroasia Latvia Macedonia Utara Rusia Belgia Austria

01.45 01.45 01.45 01.45 01.45 01.45 01.45 01.45

Irlandia Utara Wales Hungaria Polandia Slovenia Skotlandia San Marino Israel

Sabtu (12/10) Montenegro Republik Ceko Ukraina Portugal Turki Islandia Andorra Georgia Denmark Kepulauan Faroe Bosnia Herzegovina

01.45 01.45 01.45 01.45 01.45 01.45 01.45 20.00 23.00 23.00 23.00

Bulgaria Inggris Lithuania Luksemburg Albania Prancis Moldova Republik Irlandia Swiss Romania Finlandia

Minggu (13/10) Norwegia Liechtenstein Italia

AFP | FILES

AFP | MARTIN BUREAU

Prancis tetap tangguh kendati keh kehilangan sede se dere de re et bi sederet bintang.

B21

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

AFP | FILES

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

AFP | MARKKU ULANDER

B20

01.45 Swedia 01.45 Armenia 01.45 Yunani

1. Inggris 2. Republik Ceko 3. Kosovo 4. Montenegro 5. Bulgaria

GRUP A 4 4 5 3 5 2 5 0 5 0

0 0 19-4 12 0 2 9-8 9 2 1 10-10 8 2 3 3-13 2 2 3 5-11 2

1. Ukraina 2. Portugal 3. Serbia 4. Luksemburg 5. Lithuania

GRUP B 5 4 4 2 5 2 5 1 5 0

1 2 1 1 1

1. Jerman

GRUP C 5 4

0

0 11-1 13 0 10-4 8 2 10-12 7 3 5-8 4 4 4-15 1

1

17-6 12

5 4 5 5

4 3 1 0

1. Republik Irlandia 2. Denmark 3. Swiss 4. Georgia 5. Gibraltar

GRUP D 5 3 5 2 4 2 5 1 5 0

1. Kroasia 2. Slovakia 3. Hungaria 4. Wales 5. Azerbaijan

GRUP E 5 3 5 3 5 3 4 2 5 0

0 1 7-4 0 1 14-5 0 4 3-10 0 5 2-18

2 3 2 1 0

12 9 3 0

0 6-2 11 0 15-5 9 0 10-4 8 3 4-8 4 5 0-16 0

GRUP J 1. Italia 6 6 2. Finlandia 6 4 3. Armenia 6 3 4. Bosnia-Herzegovina 6 2 5. Yunani 6 1 6. Liechtenstein 6 0

0 0 0 1 2 1

0 2 3 3 3 5

18-3 8-4 12-11 12-11 7-10 1-19

18 12 9 7 5 1

0 1 3 2 2 2 3 3 2 2 4 3 3 3 2 2 1 1 0 3

0 2 1 2 2 2 2 2 3 3 2 3 3 3 4 4 5 5 6 5

20-6 24 27-9 16 13-11 15 14-7 14 18-14 14 8-8 14 11-9 12 11-11 12 14-12 11 13-13 11 11-11 10 9-8 9 7-7 9 8-10 9 13-12 8 5-13 8 8-15 7 6-13 7 10-21 6 4-20 3

TOP SCORER 9 Zahavi (Israel) LIGA PRIMER INGGRIS

1 1 10-5 10 0 2 9-7 9 0 2 7-6 9 0 2 4-4 6 1 4 5-13 1

GRUP F 1. Spanyol 6 6 2. Swedia 6 3 3. Romania 6 3 4. Norwegia 6 2 5. Malta 6 1 6. Kepulauan Faroe 6 0

0 2 1 3 0 0

GRUP G 1. Polandia 6 4 2. Slovenia 6 3 3. Austria 6 3 4. Macedonia Utara 6 2 5. Israel 6 2 6. Latvia 6 0

1 1 8-2 13 2 1 12-5 11 1 2 13-6 10 2 2 8-8 8 2 2 11-11 8 0 6 1-21 0

0 17-3 18 1 13-8 11 2 13-7 10 1 11-8 9 5 2-13 3 6 3-20 0

1. Turki 2. Prancis 3. Islandi 4. Albania 5. Moldova 6. Andorra

GRUP H 6 5 6 5 6 4 6 3 6 1 6 0

0 1 14-2 0 1 19-4 0 2 10-9 0 3 10-9 0 5 2-17 0 6 0-14

1. Belgia 2. Rusia 3. Kazakhstan 4. Cyprus 5. Skotlandia 6. San Marino

GRUP I 6 6 6 5 6 2 6 2 6 2 6 0

0 0 1 1 0 0

15 15 12 9 3 0

0 19-1 18 1 18-4 15 3 8-9 7 3 11-6 7 4 5-13 6 6 0-28 0

KLASEMEN 1. Liverpool 2. Manchester City 3. Arsenal 4. Leicester City 5. Chelsea 6. Crystal Palace 7. Burnley 8. West Ham United 9. Tottenham Hotspur 10. Bournemouth 11. Wolverhampton 12. Manchester United 13. Sheffield United 14. Brighton Albion 15. Aston Villa 16. Newcastle United 17. Southampton 18. Everton 19. Norwich City 20. Watford

8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8

8 5 4 4 4 4 3 3 3 3 2 2 2 2 2 2 2 2 2 0

TOP SCORER 8 Aguero (Man City), Abraham (Chelsea) SERI A ITALIA KLASEMEN 1. Juventus 2. Inter Milan 3. Atalanta 4. Napoli 5. AS Roma 6. Lazio 7. Cagliari 8. Fiorentina

7 7 7 7 7 7 7 7

6 6 5 4 3 3 3 3

1 0 13-6 19 0 1 14-4 18 1 1 18-10 16 1 2 15-10 13 3 1 12-10 12 2 2 13-6 11 2 2 10-7 11 2 2 12-10 11

9. Torino 10. Hellas Verona 11. Bologna 12. Parma 13. AC Milan 14. Udinese 15. Sassuolo 16. Brescia 17. SPAL 18. Lecce 19. Genoa 20. Sampdoria

7 7 7 7 7 7 6 6 7 7 7 7

3 2 2 3 3 2 2 2 2 2 1 1

1 3 3 0 0 1 0 0 0 0 2 0

3 2 2 4 4 4 4 4 5 5 4 6

10-10 6-5 9-9 8-10 6-9 3-6 11-12 7-9 6-13 7-15 8-15 4-16

10 9 9 9 9 7 6 6 6 6 5 3

TOP SCORER 7 C. Immobile (Lazio)

3. Bayern Munich 4. Freiburg 5. RB Leipzig 6. Schalke 04 7. B. Leverkusen 8. B. Dortmund 9. Eintracht Frankfurt 10. Hertha BSC 11. Werder Bremen 12. Hoffenheim 13. Mainz 05 14. Augsburg 15. F. Duesseldorf 16. Union Berlin 17. Koeln 18. Paderborn

7 7 7 7 7 7 7 7 7 7 7 7 7 7 7 7

4 4 4 4 4 3 3 3 2 2 2 1 1 1 1 0

2 2 2 2 2 3 2 1 2 2 0 2 1 1 1 1

1 1 1 1 1 1 2 3 3 3 5 4 5 5 5 6

20-8 15-7 15-7 14-7 12-8 19-11 11-10 12-12 12-16 6-11 7-17 8-19 9-14 6-13 5-16 9-19

14 14 14 14 14 12 11 10 8 8 6 5 4 4 4 1

LA LIGA SPANYOL KLASEMEN 1. Real Madrid 2. Barcelona 3. Atletico Madrid 4. Granada 5. Real Sociedad 6. Sevilla 7. Athletic Club 8. Valencia 9. Villarreal 10. Levante 11. Osasuna 12. Getafe 13. Real Valladolid 14. Eibar 15. Celta Vigo 16. Real Betis 17. Deportivo Alaves 18. Mallorca 19. Espanyol 20. Leganes

8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8 8

5 5 4 4 4 4 3 3 3 3 2 2 2 2 2 2 2 2 1 0

3 1 3 2 1 1 3 3 2 2 5 4 4 3 3 3 2 1 2 2

0 2 1 2 3 3 2 2 3 3 1 2 2 3 3 3 4 5 5 6

16-8 18 20-10 16 7-4 15 15-10 14 13-9 13 10-11 13 7-4 12 12-12 12 19-13 11 10-10 11 7-7 11 12-12 10 7-8 10 10-10 9 5-9 9 11-16 9 5-9 8 6-12 7 4-14 5 4-12 2

TOP SCORER 6 Benzema (Real Madrid), Moreno (Villarreal), Moron (Real Betis) BUNDESLIGA JERMAN KLASEMEN 1. M’gladbach 2. Wolfsburg

7 5 7 4

TOP SCORER 11 R. Lewandowski (Bayern Munich) LIGUE 1 PRANCIS KLASEMEN 1. Paris St-Germain 2. Nantes 3. Angers SCO 4. Bordeaux 5. Lille 6. Stade de Reims 7. Montpellier 8. Marseille 9. Nice 10. Stade Rennais 11. Amiens SC 12. Brest 13. Saint-Etienne 14. Olympique Lyon 15. Nimes Olympique 16. AS Monaco 17. Strasbourg 18. Toulouse 19. Dijon 20. Metz

9 9 9 9 9 9 9 9 9 9 9 9 9 9 9 9 9 9 9 9

7 6 5 4 4 4 4 3 4 3 3 2 3 2 2 2 2 2 2 2

0 1 1 3 3 2 2 4 1 3 2 5 2 3 3 3 3 3 2 2

2 2 3 2 2 3 3 2 4 3 4 2 4 4 4 4 4 4 5 5

17-4 9-5 16-15 15-10 13-9 8-4 9-7 10-11 12-13 8-7 12-14 10-13 8-13 14-9 9-11 15-19 6-10 9-15 5-10 8-14

21 19 16 15 15 14 14 13 13 12 11 11 11 9 9 9 9 9 8 8

TOP SCORER 7 Osimhen (Lille) 1 1 15-6 16 3 0 10-4 15

Keterangan: *Data Hingga Pukul 21.30 WIB


Sports

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

Kilas

Menanti Duel Beda Generasi

Oxy Waspadai Kadek di Delapan Besar PETENIS Jawa Barat Oxi Gravitasi Putri (19) mengaku bakal ekstra waspada saat menghadapi pemain Papua Barat Kadek Gita pada perempat final Moya Open 2019, Jumat (11/10). Hal ini karena Kadek tampil dominan saat menghadapi Nisrina Dwi Fajarani di 16 besar, Kamis (10/10). Kadek menang 6-1 6-1. Penampilan ini tentu menjadi ancaman bagi Oxi, terlebih perempuan yang tampil sebagai unggulan kedua ini harus susah payah, kemarin. Ia menang usai melewati rubber set 7-5 0-6 7-5 atas Suryaningsih (NTB). OAFP | BRIGITHA SESILYA

Federer bertemu Zverev di perempat final. SHANGHAI (HN) Petenis bintang belum menemui kendala berarti di Shanghai Masters 2019. Lima unggulan teratas masih menjaga asa dengan memastikan tiket perempat final usai menang atas lawan (detail lihat data), Kamis (10/10). Mereka adalah Novak Djokovic (Serbia), Roger Federer (Swiss), Daniil Medvedev (Rusia), Dominic

Thiem (Austria), dan Alexander Zverev (Jerman). Kelimanya bakal melakoni babak delapan besar hari ini, yang paling menarik tentu laga Federer kontra bintang muda Zverev, sore ini. Laga dua generasi ini tentu menyorot perhatian lebih. Maklum saja, Federer terpaut 16 tahun lebih tua dibanding Zverev. Di samping itu, pertandingan ini juga dapat menunjukkan kualitas pemain muda menghadapi salah satu anggota Big Three. Di atas kertas, rekor pertemuan Federer dan Zverev imbang 3-3. Laga terakhir terjadi di ATP Finals 2018, di mana Zverev menang 7-5 7-6(5). Federer mengaku tak terbebani dengan laga tersebut. Ia

Osaka Pilih Bela Jepang di Olimpiade

AFP | LIONEL BONAVENTURE

Intanon Terbukti tak Bersalah

OAFP | BRIGITHA SESILYA

Hasil Babak III, Kamis (10/10) 1-Novak Djokovic (Serbia) vs 16-John Isner (AS) 7-5 6-3, 6-Stefanos Tsitsipas (Yunani) vs Hubert Hurkacz (Polandia) 7-5 3-6 7-6(5), 3-Daniil Medvedev (Rusia) vs Vasek Pospisil (Kanada) 7-6(7) 7-5, 10-Fabio Fognini (Italia) vs 7-Karen Khachanov (Rusia) 6-3 7-5, 11-Matteo Berrettini (Italia) vs 8-Roberto Bautista (Spanyol) 7-6(5) 6-4, 4-Dominic Thiem (Austria) vs 15-Nikoloz Basilashvili (Georgia) 6-3 6-4, 2-Roger Federer (Swiss) vs 13-David Goffin (Belgia) 7-6(7) 6-4, 5-Alexander Zverev (Jerman) vs Andrey Rublev (Rusia) 6-0 7-6(4)

yakin dapat menghadapi Zverev, terlebih dengan dukungan yang ditunjukkan para penggemar seperti yang ditampilkan saat menghadapi David Goffin di laga kemarin. Federer melaju ke delapan besar usai menang 7-6(7) 6-4 atas Goffin. “Bahkan ketika saya kesusahan, penggemar tetap bersorak un-

tukku,” kata Federer dinukil AFP. Pemilik 20 trofi grand slam ini memang tampak menikmati ketika para penggemar meneriakkan namanya. Mereka berseru, “Roger.. Roger.. ayo ayo ayo,” yang menggema di seluruh stadion. Uniknya, mereka duduk dalam satu area dan sama-sama menggunakan kostum merah. “Tentu hal itu sangat spesial karena mereka duduk dalam satu blok, semacam sepak bola di batas tertentu. Hal yang tidak lazim untuk turnamen tenis,” ujar Federer. Sebagian besar petenis papan atas tampil di Shanghai. Hanya satu yang absen, yaitu Rafael Nadal (Spanyol) karena harus menjalani pemulihan cedera pergelangan tangan. OAFP | BRIGITHA SESILYA

Karateka Berjuang Aklimatisasi Cuaca Panas

PETENIS putri Naomi Osaka resmi memilih kewarganegaraan Jepang daripada AS pada Kamis (10/10). Dengan demikian, ia dipastikan membela Negeri Sakura di Olimpiade 2020 Tokyo. Osaka yang memiliki ayah Haiti dan ibu Jepang harus memilih salah satu kewarganegaraan karena akan menginjak 22 tahun pada tahun depan. “Bisa mewakili Jepang di Olimpiade memberikanku perasaan yang spesial. Saya akan tampil maksimal demi membuat bangga negaraku,” kata Osaka dinukil laman NHK. OAFP | BRIGITHA SESILYA

MANTAN juara dunia Ratcanok Intanon terbukti tidak bersalah usai positif doping. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memastikan bintang tunggal putri Thailand ini bisa berkompetisi di Olimpiade 2020 Tokyo karena ia dapat membuktikan tidak mengonsumsi obat-obatan yang dilarang. Sebelumnya, BWF menyatakan Intanon melanggar kode doping pada awal tahun ini. Zat tersebut ada dalam tubuh Intanon karena ia memakan daging yang terkontaminasi clenbuterol di restoran barbeque.

B22

EMAS KE-16 BILES Pesenam AS Simone Biles tampil di balok keseimbangan pada final nomor all-around di Kejuaraan Dunia Artistik FIG 2019 Stuttgart di Hanns-MartinSchleyer-Halle, Jerman, Kamis (10/10). Biles merengkuh gelar juara dunia ke-16, lima di antaranya didapat dari all-round.

JAKARTA (HN) – Perbedaan suhu membuat Kontingen Indonesia untuk World Beach Games (WBG) 2019 Qatar berjuang ekstra mendapat aklimatisasi optimal. Mereka berharap sudah dapat terbiasa dengan cuaca panas di Doha, mengingat beberapa pertandingan akan dimulai besok. Kontingen Indonesia yang dipimpin Hellen Sarita Delima sudah tiba di Doha, Kamis (10/10). Merah Putih dijadwalkan mengawali debut di WBG melalui cabang olahraga (cabor) karate kata dan voli pantai 4x4, Sabtu (12/10). Karateka putri Nawar Kausar Matsura mengakui masih beradaptasi dengan cuaca jelang laga besok. Sebab, kata Nawar, cuaca di Doha mencapai 40 derajat Celsius, atau lebih panas dari Tanah Air. “Saya yakin masih memiliki waktu untuk beradaptasi di sini,” kata Nawar kepada HARIAN NASIONAL dari Jakarta, kemarin. Kontingen Indonesia mengusung ambisi tinggi, yakni membawa pulang medali emas di multievent cabor pantai sedunia pertama yang digelar Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) pada 12-16 Oktober itu. Nawar menjadi salah satu yang diharapkan untuk menggenapi target itu. Nawar mengaku menghindari dehidrasi saat pertandingan.

Caranya dengan banyak minum air putih hingga mengonsumsi multivitamin. Hal tersebut, menurut dia, merupakan permintaan dari tim medis. “Kami sudah konsultasi dengan dokter dari disarankan untuk minum air sebagai antisipasi dehidrasi. Dokter juga memberikan peralatan obat-obatan dan nutrisi tambahan. Nutrisi dan vitamin ini kami diminta sebelum bertanding untuk diminum,” tutur Nawar yang mengaku belum mengetahui peta kekuatan besok. Sementara itu, Chef de Missions (CdM) Kontingen Indonesia Hellen memastikan rombongan dalam kondisi bugar. Tim medis, katanya, memantau kondisi para atlet yang bertanding, termasuk mengantisipasi agar tak cedera saat berlatih. “Semoga tidak ada yang cedera karena beberapa atlet dari negara lain sudah ada yang cedera,” kata Hellen. ORIDSHA VIMANDA NASUTION


B23

Sports

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

“Garuda Muda” Pede Hadapi Tuan Rumah

Putri Kusuma Wardani mengembalikan kok ke Aditi Bhatt (India) pada babak 16 besar tunggal putri Kejuaraan Dunia Junior BWF di Kazan, Rusia, Kamis (10/10). Putri mengamankan tiket perempat final usai menang 21-11 21-15.

PBSI UNTUK HARIAN NASIONAL

JAKARTA (HN) – Timnas U-23 Indonesia optimistis mampu meredam kekuatan Timnas U-23 China pada laga perdana Chongqing Three Georges Bank Cup Internasional Football 2019 di Stadion Wanzhou Pailo Sports, Jumat (11/10). Konfidensi ini diusung Garuda Muda setelah menyaksikan penampilan tuan rumah saat menghadapi Yordania, kemarin. Kepala Pelatih Timnas U-23 Indonesia Indra Sjafri percaya diri jelang laga besok. Ia mengaku sudah memiliki cara untuk menghadapi Timnas U-23 China. Mantan juru taktik Bali United ini tinggal berharap pemainnya bisa menerapkan skema yang akan digunakan. “Apa yang saya temukan pada pertandingan tersebut saat ini sedang kami evaluasi dan saya bicarakan dengan tim pelatih

PUTRI LOLOS PEREMPAT FINAL

dan nanti malam kami akan coba terjemahkan antisipasinya pada saat latihan,” kata Indra, kemarin. Namun, Indra juga mengingatkan anak latihnya mewaspadai permainan bola mati yang mungkin diterapkan tuan rumah. Selain itu, lawan juga memiliki keunggulan postur tubuh yang dapat menjadi ancaman tersendiri bagi Egy Maulana Vikri dkk. Indra mengatakan, kondisi

cuaca di Chongqing menjadi beban khusus kepada Timnas U-23 Indonesia. Meski diuntungkan dari penundaan laga kontra Timnas U-23 Arab Saudi, yang semula berlangsung Rabu (9/10) menjadi Selasa (15/10) depan, tetapi tingginya intensitas hujan menjadi tantangan tersendiri bagi Garuda Muda. “Adaptasinya berjalan dengan baik dan kami bersyukur dengan

adanya perubahan jadwal, sehingga masa persiapan kami berjalan cukup baik. Saya rasa kondisi cuaca di sini juga tidak terlalu berbeda dengan di Indonesia, cuma memang lagi sering hujan, jadi kendalanya di situ saja,” jelas Indra. Di sisi lain, Timnas U-23 China ternyata memiliki masalah tersendiri jelang melawan Timnas U-23 Indonesia. Pelatih Hao Wei mengungkapkan anak asuhnya

saat ini tengah mengalami masalah kondisi fisik menyusul jeda pertandingan yang hanya satu hari sebelum menghadapi Garuda Muda. “Permainan membutuhkan kebugaran fisik yang baik. Masih banyak masalah yang harus diselesaikan. Saya berharap mereka memberikan yang lebih di laga berikutnya,” jelas Hao Wei. OREZA WAHYU SAPUTRA

Atletik tanpa Beban Medali Mengandalkan sprinter pelapis, lari jarak pendek tak usung target. JAKARTA (HN) P e n g u r u s Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) tak memberikan beban medali kepada para atletnya yang turun pada nomor lari jarak pendek dan estafet di SEA Games 2019 Filipina. Maklum saja, federasi pimpinan Bob Hasan ini sepakat tak menurunkan sprinter andalan Lalu Muhammad Zohri. Pelatih lari jarak pendek nasional Eni Nuraeni menjelaskan akan mengandalkan kekuatan pelapis di multievent empat tahunan bergengsi ASEAN kali ini. Meski tidak memberi target medali, ia percaya anakanak latihnya tetap akan tampil maksimal. PB PASI menurunkan

Mochammad Bisma Diwa Abina dan Adith Rico Pradana di nomor lari 100 m. Sementara tim estafet 4x100 meter putra dipekuat Eko Rimbawan, Bisma, Joko Kuncoro Adi, Rico serta kembarannya Adith Rici Pradana. “Latihan terakhir mereka sudah bagus. Semoga bisa dapat (medali) meski tidak ditarget. Terpenting mereka tampil semaksimal mungkin,” kata Eni kepada HARIAN NASIONAL usai sesi latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (10/10). Meski tanpa Zohri, Eni tetap meyakini, performa Bisma dan Rico tak kalah saing. Keduanya juga ditarget memperbaiki catatan waktu.

Tahun ini, catatan terbaik Bisma dan Rico saat turun di event resmi adalah 10,56 detik. Namun, kata Eni, mereka berdua pernah menembus 10,35 detik saat latihan. Hasil ini tentu positif sebagai modal menandingi spriter Thailand dan Malaysia. “Teknik masih kami terus latih anak. Ada beberapa masalah di start masih kurang cepat,” tutur Eni yang juga menjelaskan pelari jarak pendek pelatnas tidak memiliki agenda tryout hingga jelang SEA Games karena keterbatasan waktu. Di sisi lain, Rico mengakui siap memberikan penampilan terbaik untuk Indonesia. Kendati demikian, dia tak menampik hal tersebut membutuhkan kerja keras semaksimal. “Optimistis

dan berlatih keras biar hasilnya yang menentukan. Kedua hal ini menjadi prinsip saya menuju SEA Games,” kata Rico. Butuh Stadion Khusus Terpilihnya, Raja Sapta Oktohari dan Warih Sadono sebagai Ketua dan Wakil Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI) 2019-2023 juga memberi harapan baru bagi PB PASI. Mereka berharap KOI dapat membantu memperjuangkan Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) sesuai hakikatnya, yakni sarana untuk menunjang sarana prestasi atlet. Seperti diketahui, pelatnas atletik memang sempat terkendala karena mereka harus berbagi tempat di Stadion Madya, mulai dari pertandingan sepak bola

hingga kegiatan drumband. Yang terakhir bahkan menyisakan sampah di lintasan, seperti sampah berupa puntung rokok hingga paku dan membuat para atlet turut bersih-bersih lapangan karena butuh latihan. “Saya berharap KOI bisa menjadi pembela cabor-cabor, bukan hanya atletik. Semua cabor punya tantangan dan semoga KOI mau mendampingi,” kata Sekjen PB PASI Tigor Tanjung. “Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional memang harus ditinjau. Contoh, penyediaan sarana olahraga ini juga harus diatur di dalamnya karena sekarang kami sulit untuk berlatih. Jika sudah begini, bagaimana kami mau menjanjikan medali?” ORIDSHA VIMANDA NASUTION


Sports

JUMAT, 11 OKTOBER 2019 | Nomor 1864 Tahun VII

B24

Liga 1 Putri Butuh Wasit Lelaki TERTINGGAL DI BABAK PERTAMA Pemain Timnas Senior Indonesia Zulfiandi (kanan) membayangi pesepak bola UEA Khalil Ibrahim Alhammadi pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar. Indonesia tertinggal 0-1 pada babak pertama setelah pemain UEA Ibrahim Al Hammadi mencetak gol pada menit 40.

LIGA 1 PUTRI 2019 HASIL KAMIS (10/10) Grup A Persija Jakarta Persib Bandung Grup B Bali United PSM

3-1 6-0

PSS Sleman PSIS Semarang

6-0 0-1

Persebaya Arema FC

AFP| KARIM SAHIB

JAKARTA (HN) – Ketidakpuasan terhadap pengadil lapangan ternyata tak hanya terjadi di kompetisi sepak bola putra. Persoalan kinerja wasit pun langsung terjadi di Liga 1 Putri 2019. Sengaja menugaskan wasit perempuan, tak serta merta membuat kompetisi kulit bundar perdana bagi para srikandi berjalan lancar. Kericuhan sempat terjadi karena putusan kontroversial wasit, salah satunya pada duel sarat gengsi Persija Jakarta kontra Persib Bandung pada laga lanjutan Grup B di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (9/10). Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Papat Yunisal tak membantah adanya keputusan wasit perempuan yang kurang tepat di Liga 1 Putri 2019 sehingga memicu kericuhan antarsuporter. Untuk meminimalisasi kejadian serupa, Papat mengusulkan kepada Komite Wasit untuk mempertimbangkan tenaga pengadil laki-laki. “Saya juga memberikan masukkan agar komite wasit segera melakukan evaluasi agar persiapan laga berikutnya lebih mudah. Saya juga meminta wasit laki-laki dipersiapkan sehingga dalam pertandingan bisa mixed (cam-

KLASEMEN SEMENTARA Grup A PERSIJA JAKARTA

4 3

1

0

11 – 5

PS TIRA PERSIKABO 3 2

1

0

12 – 3

7

PERSIB BANDUNG

0

1

12 – 2

6

3 2

10

PSS SLEMAN

3 0

0

3

2 – 14

0

PSIS SEMARANG Grup B

3 0

0

3

1 – 14

0

PERSIPURA JAYAPURA3 3

0

0

5–0

9

AREMA FC

3 2

0

1

3–1

6

BALI UNITED

3

1

1

1

7–3

4

PSM MAKASSAR

4

1

1

2

2–4

4

PERSEBAYA

3 0 0 3 0–9 0 MA: Main ; M:Menang; S:Seri; K: Kalah GM-GK: Gol Memasukkan- Gol Kemasukan; P:Poin

pur),” kata Papat kepada HARIAN NASIONAL, Kamis (10/10). Duel El Clasico Putri Jilid I kemarin memang menuai kontroversi karena putusan wasit Herlin. Perempuan kelahiran Bukit Tinggi, Sumatera Barat ini jus-

tru memberikan pelanggaran kepada Persib saat pemain Maung dihadang dua penggawa Persija. Putusan itu memantik tensi antarsuporter yang sudah memanas sejak awal laga menjadi meninggi. The Jakmania dan Bobotoh terlibat saling lempar saat pertandingan memasuki menit 70 dan membuat wasit Herlin menghentikan pertandingan selama 10 menit. Insiden tersebut tentunya disayangkan lantaran PSSI sengaja menempatkan Persija dan Persib dalam satu grup. Tujuannya agar rivalitas kedua klub yang sangat kental di sektor putra bisa berkurang dengan adanya kompetisi Liga 1 Putri 2019.

Kericuhan itu juga mengancam Persija dan Persib. Mereka bisa saja mendapatkan sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Tak cuma itu, Panitia Pelaksana (Panpel) PSS Sleman yang menjadi tuan rumah juga berpotensi mendapat hukuman karena dinilai gagal memberikan rasa aman di pertandingan. “Kericuhan ini tentu akan masuk ranah Komdis. Namun, hukumannya kami masih menunggu laporan,” kata Papat. Di sisi lain, kericuhan antar suporter ini disayangkan sejumlah pemain. Bintang Persija Zahra Muzdahlifah tidak menyangka suporter bisa terlibat saling lempar di tribun. Padahal

kata pemain bernomor punggung sembilan ini, pemain kedua tim saling respek. “Persija dan Persib menjadi musuh saat di lapangan, tetapi di luar pertandingan kami menjaga dan berteman seperti saat saya berpelukan dengan pemain Persib. Semoga suporter bisa lebih dewasa dan tak ada lagi hal seperti ini,” kata Zahra. Setali tiga uang, gelandang Persib Risqi Yanti merasa ricuh antarsuporter malah mengganggu konsentrasi pemain di lapangan. “Kami sudah nyaman bermain, tiba-tiba ada keributan seperti itu hingga laga sempat dihentikan,” jelas Risqi. OREZA WAHYU SAPUTRA

Tiga Kandidat Terhambat Syarat Arief, Sarman dan Yesayas Maju Banding JAKARTA (HN) Komite Pemilihan (KP) mengumumkan calon sementara Komite Eksekutif PSSI periode 2019-2023 yang lolos verifikasi di Jakarta, Kamis (10/10). Khusus calon ketua umum (caketum), KP mencoret tiga dari 11 nama yang masuk, yaitu Arief Putra Wicaksono, Sarman El Hakim, dan Yesayas Oktavianus. Ketua KP Syarif Bastaman menjelaskan ketiganya tak lolos verifikasi karena terhambat syarat administrasi. Meski tak memberikan informasi detail, rerata dari mereka terganjal syarat minimal lima tahun keaktifan di kepengurusan PSSI secara berturut-turut atau tidak. “Setelah kami melakukan pengecekan ulang, mereka umumnya tidak memenuhi syarat karena sifatnya insidental seperti menjadi panitia pertandingan dan lain-lain. Ada juga yang aktif di sepak bola, tetapi di perusahaan bukan anggota PSSI,” kata Syarif, kemarin.

Meski begitu, KP membuka kesempatan bagi ketiga kandidat untuk menempuh banding di Komite Banding Pemilihan (KBP). Tenggat waktu berkas masuk adalah 16 Oktober. Jika mampu membuktikan keaktifan di kepengurusan PSSI, nama-nama tersebut bisa masuk dalam bursa caketum untuk bersaing di Kongres Pemilihan PSSI, 2 November. Pengumuman calon definitif bakal ditetapkan 18 Oktober. Sementara delapan kandidat yang lolos (lihat data) kini bisa bersantai sembari menyiapkan strategi demi memuluskan langkah menuju kursi satu PSSI. Sebab, kandidat yang maju dalam pemilihan kali ini diberikan kesempatan berkampanye visi dan misi pada 24-31 Oktober. Sedangkan untuk calon wakil ketua umum (cawaketum), KP hanya meloloskan 13 nama (lihat data). Namun, KP memberikan putusan berbeda bagi mereka yang tidak lolos di caketum dan anggota Komite Eksekutif (Exco), yakni ada yang boleh maju banding dan tidak. Bagi calon yang terganjal syarat administrasi utama, yaitu

CALON KETUA UMUM Lolos: Aven Hinelo, Benhard Limbong, Benny Erwin, Fary Djemy Franvis, La Nyalla Mattalitti, Mochammad Iriawan, Rahim Soekasah, Vijaya Fitriyasa Tidak Lolos, Boleh Banding: Arif Putra Wicaksono, Sarman El Hakim, Yesayas Oktavianus CALON WAKIL KETUA UMUM Lolos: Aven Hinelo, Benny Erwin, Cucu Somantri, Jamal Aziz, Dol Sinomba Siregar, Esti Puji Lestari, Hasnuryadi Sulaiman, Hinca Panjaitan, Iwan Budianto, Jackson Kumaat, M Khusnaeni, Tri Goestoro, Vijaya Fitriyasa Tidak Lolos, Boleh Banding: Doni Setiabudi, Yesayas Oktavianus Tidak Lolos, Tidak Boleh Banding: Ahmad Riyadh, Augie Benyamin, Budi Setiawan, Gusti Randa, Sally Atyasasmi, Wardy Ashari Siagian

penyerahan formulir A1 (pencalonan sementara) dan A2 (bersedia dicalonkan dalam proses pemilihan), batasan usia, serta terpidana kasus hukum tidak diperkenankan banding (detail nama lihat data). KP memutuskan nama-nama yang maju harus berusia minimal 30 tahun. “Mereka yang tidak boleh banding, menurut kami istilah sederhananya tidak serius. Ada dukungan tapi tidak bersedia didukung,” ungkap Syarif. Namun, Syarif menjelaskan KP memberikan kelonggaran

bagi nama yang saat ini masih menjalani proses hukum di pengadilan maupun Komisi Disiplin PSSI. Menurutnya ada beberapa calon yang berstatus sebagai saksi, tetapi belum ditetapkan sebagai terpidana. Untuk kasus tersebut, katanya, bakal dibawa ke pemegang suara (voters). Tak Berhenti Berjuang Tiga kandidat bacaketum yang tak lolos verifikasi mengaku tak menerima informasi apa pun dari KP terkait pengajuan mereka yang ditolak. Meski begitu, Arief, Sarman, dan Yesayas kompak berjuang ke meja KBP. Sarman mengaku tak habis pikir mengapa dirinya bisa tak lolos. Sebab, ini adalah kali keempat ia maju di bursa caketum. Tiga berkas pertama, di Kongres Solo, Surabaya, dan Jakarta, selalu diterima. “Semua syarat sudah saya lengkapi, bahkan saya intensif ke kantor PSSI memastikan apakah semua persyaratan sudah lengkap atau belum. Hasil ini seperti sudah diatur oleh sejumlah oknum yang mau menggagalkan saya sejak awal karena saya sering mengkritik,” kata

Sarman. Setali tiga uang Yesayas juga merasa aneh dengan alasan KP yang menilai tak memenuhi syarat keaktifan minimal di PSSI. Padahal, ia juga maju di bursa pemilihan ketua umum pada 2016 dan lolos verifikasi. “Saya mengajukan syarat yang sama seperti 2016 dengan surat dari Persija Selatan dan itu lolos. Mengapa sekarang tidak? Saya atau mereka yang salah?” kritik Yesayas. Sementara Arief tak terima jika dinilai berada di dunia sepak bola Tanah Air karena insidental. Lelaki yang menjabat sebagai CEO Nine Sports ini mengaku telah mempelajari statuta PSSI, di mana syarat Exco adalah aktif lima tahun dalam koridor PSSI. “Dalam KBBI, koridor itu artinya jalan, bukan rumah. Saya sudah aktif sejak 2013 hingga sekarang di dunia sepak bola yang masuk dalam ranah PSSI sebab saya sudah bikin training camp untuk timnas di level umur dan senior. Kami juga sering bekerja sama dengan klub dalam naungan PSSI serta membuat beberapa laga persahabatan,” kata Arief. OREZA WAHYU SAPUTRA

Profile for Harian Nasional

Harian Nasional  

11 SOktober Tahun 6 Nomor 1852

Harian Nasional  

11 SOktober Tahun 6 Nomor 1852

Advertisement