Page 1

rabu, 16 mei 2018 nomor 1.665 tahun Vi

Rp3.000 (Luar Kota + ongKos Kirim)

harianjurnalasia

HarianJurnalAsia

jurnalasia.com

Poldasu Larang Warga Bunyikan Petasan Halaman 2

Polisi Pastikan Hoax Halaman 3

Baku Tembak 1 Teroris Tewas Halaman 7 Jurnal Asia | Arsyad KaWal aMbulan. Petugas Densus 88 dan Brimobdasu melakukan pengawalan terhadap ambulan, pasca terjadinya bentrok dengan terduga teroris di Tanjungbalai, Selasa (15/5) siang. Dalam insiden ini, ada pelaku terpaksa ditembak mati lantaran melakukan perlawanan.

Terduga Teroris Menyusup ke Tanjungbalai

Tarif Listrik Diperkirakan Naik hingga 25 Persen Halaman 9

Kepling Dibacok, Pelaku Ditembak Mati Densus 88 tanjungbalai | Jurnal asia Tim Densus 88 melakukan penang­ kapan terhadap kelompok terduga teroris anggota Budi Cs di Kota Tanjungbalai, Selasa (15/5) pagi. Dua diantara terduga, terpaksa ditembak mati karena berusaha melawan petugas. Informasi dikumpulkan, sekira pukul 06.30 WIB Densus 88 melakukan pe­ nangkapan pertama atas nama Dodi di Sungai Apung, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, tepatnya di depan rumah warga bernama H Aidir. Berdasarkan keterangan H Aidir, pada waktu itu Dodi sedang mempersiapkan ge robak dagangan yang digunakan untuk berjualan pada saat bulan puasa. Tiba­tiba H Aidir melihat Dodi bersama sekolompok orang diduga Densus 88,

membungkus kepala Dodi dengan kain hitam dan memasukkan dodi ke dalam mobil. Sekira pukul 12.00 WIB, titik pe ­ nangkapan kedua terjadi di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kapias Pulau Buaya, Kecamatan Teluk Nibung, atas nama Agus Setiawan Sirait. Selanjutnya, pada pukul 13.30 WIB petugas juga meringkus Hendra di depan Rumah Makan depan RSUD Tanjungbalai di Jalan Dr Tengku Mansyur, Kelurahan Perwira, Kecamatan Tanjung Balai Selatan. Terkait penangkapan di RSUD Kota Tanjungbalai, kedua terduga teroris sedang datang ke rumah sakit itu dengan tujuan membawa saudaranya berobat sekira pukul 13.30 WIB. (bersambung ke halaman 11)

“Kita juga masih menunggu info tersebut. Kita samasama menunggu info valid berita tersebut. sabar ya, terima kasih atas kerjasamanya.” Kasubbid Penmas Polda sumut aKbP mP nainggolan

Kamis Mulai Puasa Jakarta | Jurnal asia Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan secara resmi hasil sidang itsbat di gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5) malam. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Kamis (17/5) lusa. Keputusan ini disampaikan Lukman bersama perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdulllah Jaidi, Ketua Komisi VIII Ali Taher, dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin. Ketetapan itu diambil setelah Kemenag mempertimbangkan sejumlah pendapat dalam sidang itsbat yang dihadiri oleh perwakilan dari 74 ormas Islam, Komisi VIII, MUI, LAPAN, dan perwakilan negara­negara sahabat tersebut. Sebelum mengambil keputusan, tim Kemenag telah disebar ke 95 titik di Indonesia. Menurut dia, berdasarkan metode ruqyat dan juga hisab, peserta sidang telah sepakat untuk menjalani puasa pada 17 Mei 2018. (bersambung ke halaman 11)

Antara | Sigid Kurniawan Warga antre untuk mendaftar program Mudik Bareng BUMN bersama PT Jasa Raharja (Persero) di halaman gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta, Selasa (15/5).

Sambut Lebaran

Kemenhub Siapkan Mudik Gratis ke 32 Kota Jakarta | Jurnal asia Kementerian Perhubungan kembali menggelar mudik gratis tahun 2018. Alasan kembali diselenggarakannya adalah untuk menekan angka kecelakaan di jalan selama masa mudik. Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, angka kecelakaan sepeda motor pada tahun lalu terbukti menurun akibat dari pelaksanaan mudik gratis. “Kita ingin membiasakan, mendorong dan mencegah bahwa mudik dengan sepeda motor sangat berbahaya untuk keselamatan lalu lintas,” kata Budi dalam konferensi pers di kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa, 15 Mei 2018. Ia mengatakan, sikap pemerintah yang melarang penggunaan sepeda motor dibarengi dengan solusi adanya mudik gratis. Pada tahun ini mudik akan dilakukan ke 32 kota tujuan atau meningkat dari tahun lalu yaitu 29 kota. “Setiap tahun kita harapkan masyarakat semakin terbiasa (mudik gunakan angkutan massal). Buktinya tahun 2017 kemarin angka laka lantas menurun signiikan,” ujarnya. (bersambung ke halaman 11)

Jadwal imsakiyah 1439 h Antara | Puspa Perwitasari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kedua kiri) bersiap menyampaikan keputusan sidang Isbat 1439 Hijriah di Jakarta, Selasa (15/5), yang menyatakan awal Ramadhan 1439 H.

Ramadhan 01 02 03 04

Tanggal 17 Mei 18 Mei 19 Mei 20 Mei

Imsak 04:43 04:42 04:42 04:42

Subuh 04:53 04:52 04:52 04:52

Zuhur 12:25 12:25 12:25 12:25

Ashar 15:47 15:47 15:47 15:47

Magrib 18:33 18:33 18:33 18:33

Isya 19:45 19:45 19:46 19:46

untuk Wilayah medan dan sekitarnya


2

Rabu 16 MEI 2018

MEDAN

Poldasu Larang Warga Bunyikan Petasan Medan | Jurnal Asia Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) mengeluarkan imbauan pelarangan menggunakan petasan selama pelaksanaan ibadah puasa (bulan Ramadhan). Siapapun yang kedapatan menggunakan petasan, akan diberikan sanksi yang tegas. “Seperti sebelumnya, untuk petasan kita melakukan pelarangan selama Ramadhan. Bagi siapapun yang kedapatan memainkan petasan akan diberikan sanksi. Petasan dapat mengganggu ketenangan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa,” ujar Kasubbid Penmas Poldasu, AKBP MP Nainggolan, Selasa (15/5). Dikatakan Nainggolan, sanksi

yang akan diberikan bagi orang yang menggunakan petasan akan dijerat dalam Undang-undang Darurat. Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, Polda Sumut dan jajaran Polres juga akan melakukan pengamanan Sholat Taraweh di sejumlah mesjid yang ada di wilayah Sumut. Dalam pengamanannya, kata Tatan, ada beberapa personil yang diturunkan. “Hal itu disesuaikan oleh tempat dan satuan wilayahnya (Satwil). Maksudnya, tempat ibadah akan disesuaikan dengan jumlah jema’ah yang melaksanakan giat Sholat Taraweh,” ujar Tatan. Disinggung berapa orang petugas, Tatan menjelaskan, jika Satwil yang

akan menyesuaikannya dalam giat Pam tersebut. Karenanya, kata dia, jumlahnya personil bisa statis. Disinggung mengenai larangan bermain petasan, Tatan mengimbau, agar masyarakat selama bulan puasa tidak menyalakannya. Terkhusus pada saat umat muslim sedang melaksanakan sholat lima waktu dan Sholat Taraweh. “Kepada masyarakat muslim Sumut, kita ucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1439 H. Sedangkan bagi saudara-saudara yang tidak melaksanakan puasa, agar dapat membantu kelancaran serta kenyamanan saudara kita umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa,” imbau Tatan. (ial/rol)

Jurnal Asia | Ist

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir H Tengku Erry Nuradi M. Si hadiri Pisah Sambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara dari Drs Liberti Sitinjak MM M.Si kepada Drs Priyadi Bc.IP M.Si, Senin malam (14/5).

Priyadi Jabat Kakanwil Kemenkumham Sumut Medan | Jurnal Asia Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir H Tengku Erry Nuradi mengucapkan selamat datang kepada Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut) yang baru Drs Priyadi Bc IP MSi. Diharapkan, di bawah kepemimpinan yang baru, Kanwil Kemenkumham semakin kompak agar menjadi Kanwil nomor satu di Indonesia. “Semoga Kakanwil Kemenkumham yang baru, bisa mewujudkan apa yang diharapkan semua komponen negara, termasuk Pemprovsu,” ujar Gubsu Tengku Erry Nuradi, saat menghadiri pisah sambut Kakanwil Kemenkumham Sumut dari Drs Liberti Sitinjak MM MSi kepada Drs Priyadi Bc IP Msi di Hotel Four Points, Medan, Senin malam (14/5). Te n g k u E r r y m e n g a t a k a n , K a n w i l Kemenkumham Sumut memiliki banyak tantangan. Khususnya yang berhubungan dengan kemasyarakatan. “Ini juga jadi tantangan bagi Lapas yang ada, tentunya jangan sampai ada kejadian seperti beberapa tahun yang lalu, karena fasilitas yang minim, sehingga menimbulkan gejolak,” katanya. Tengku Erry juga mengapresiasi kinerja Kakanwil Kemenkumham Sumut selama ini. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah kabupaten/kota di Sumut yang mendapatkan penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) meningkat setiap tahun. Provinsi Sumut juga sudah tiga kali mendapat penghargaan serupa.

“Prestasi tersebut didapat karena peran Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Sumatera Utara,” ungkapnya. Kepada Drs Liberti Sitinjak MM MSi, yang kini diangkat menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Gubsu mengucapkan terimakasih. “Terimakasih kepada Bapak Liberti atas kerjasama yang baik selama ini, semoga di tempat yang baru dapat lebih baik lagi,” ujarnya. Sementara itu, Liberti Sitinjak mengatakan, menjadi pemimpin adalah sebuah tanggung jawab moral. “Dan Bapak Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi adalah motivator saya,” ujarnya Liberti juga menyebut sinergitas antar instansi sangat penting. Hal tersebut menunjukan profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovasi. “Saya juga mengucapkan terimakasih, atas bantuan Gubsu, Kanwil Kemenkumham menerima alokasi lahan seluas 30 hektar untuk dibangun Lapas baru,” katanya. Kakanwil Kemenkumham Sumut Drs Priyadi Bc IP MSi menyampaikan, dukungan dari pemerintah daerah sangat penting. “Kami butuh dukungan dan sekaligus support dari Pemda, karena sinergitas antar komponen daerah bisa membangun Sumatera Utara menjadi lebih sejahtera,” kata Priyadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kakanwil Kemenkumham Maluku. Dalam pisah sambut tersebut turut hadir, anggota Komisi III

DPR RI Hasrul Azwar, Kepala BPKP Sumut Sihar Panjaitan, serta tamu undangan dari Kakanwil Kemenkumham Sumut. (markus/rol)

Jurnal Asia | I Netty

PAKeT rAMADHAn. Direktur Karpowership Regional Asia, Mehmet Ufuk Berk bersama Manager Sektor Belawan PT PLN (Persero) Andi Makassau dan Lurah Sicanang Julkili membagikan paket Ramadhan ke warga.

Karpowership dan PLN Bagikan 200 Paket Ramadhan Medan | Jurnal Asia PT Karpowership Indonesia (PT KPI) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) bagikan 200 paket Ramadhan ke masyarakat di Kantor Kelurahan Sicanang Belawan. Kegiatan berbagi kebahagiaan ini merupakan program tanggungjawab sosial dan kemasyarakatan (CSR) di Belawan. Direktur Karpowership Regional Asia, Mehmet Ufuk Berk mengatakan, PT KPI telah melaksanakan berbagai program CSR secara rutin selama dua tahun terakhir di bidang kemasyarakatan, seperti mendistribusikan paket Natal di Manado, Kupang dan Ambon. Sedangkan paket Ramadhan berfokus pada wilayah, Lombok dan Medan. “Tahun lalu, kami melakukan kegiatan CSR di Belawan dan menyumbangkan 200 paket Ramadhan dan tahun ini juga sama. Kami ingin menjalin silahturahmi dengan warga Belawan khususnya umat Islam dalam mempersiapkan sebulan penuh ibadah puasa,” katanya didampingi Lurah Sicanang Julkili, Selasa (15/5). Selain bidang kemasyarakatan,

pihaknya juga melakukan program CSR dalam bidang pendidikan yang telah dilakukan seperti membangun laboratorium k om pu t er u nt u k wil a ya h Manado dan Lombok. Serta pendistribusian perlengkapan sekolah untuk siswa SD di lima kota yakni Manado, Lombok, Kupang, Medan dan Ambon. Ufuk juga mengucapkan terimakasih kepada warga Belawan pada khususnya atas sambutan hangat sejak kapal pembangkit listrik terapung Karpowership tiba untuk membantu penyediaan listrik bagi masyarakat. Manager Sektor Belawan PT PLN (Persero), Andi Makassau menambahkan, paket bantuan yang diberikan berupa bahan kebutuhan pokok di antaranya, 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 1 kg gula, dan bingkisan kue untuk menyambut Lebaran. “Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat muslim di seluruh dunia, sehingga dalam mempersiapkannya kami ingin turut berkontribusi dan merayakan bersama warga sekitar Medan. Kita berharap bantuan ini bermanfaat,” tandasnya. (netty/rol)


Rabu 16 MEi 2018

3

MEDAN

Heboh Ancaman Bom Tiga Gereja di Sumut Polsek Medan Kota Prioritaskan Pengamanan Ramadhan Fair

Polisi Pastikan Hoax Medan | Jurnal Asia Polrestabes Medan memastikan isu adanya ancaman bom di tiga gereja yang berada di Sumatera Utara (Sumut) merupakan kabar tidak benar alias bohong. Hal ini disampaikan Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yudha Prawira kepada wartawan, Selasa (15/5) malam. “Setelah kita cek dan selidiki ternyata informasi hoax,” ungkapnya ketika dihubungi wartawan melalui selular. Oleh karenanya, ia mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kekondusifan Sumut, dengan tidak memperkeruh suasana, dengan terpancing isu yang belum dapat dipertanggung jawabkan di media sosial (medsos). “Masyarakat diharapkan tidak mudah percaya dengan informasi di Medsos, kita terus berupaya maksimal untuk menjaga kota Medan tetap aman dan kondusif,” pungkasnya. Informasi diperoleh wartawan, kabar ini merebak setelah akun media sosial bernama “Cintaiaq Apa Adanya” menebar ancaman teror bom. Dalam akun media sosialnya itu sang

pemilik akun memposting “Daftar gereja mau saya bom Pentakosta Tembung, Katolik St. Maria Marelan dan HKBP Tarutung”. Namun, setelah sang pemilik akun memposting ancaman itu, tak lama kemudian postingan langsung dihapus. Atas ancaman lewat media sosial itu, pendeta P Nainggolan dari gereja Pentakosta Indonesia Jalan MedanBatangkuis, Lorong Kapuk, Kecamatan Percut Seituan membuat laporan ke Polrestabes Medan dengan nomor STPL/966/V/ 2018/ Restabes Medan. Diketahui, sejak Senin (14/5) kemarin, Polrestabes Medan dan Polsek sejajaran siaga satu terkait dengan aksi teror bom yang terjadi di Surabaya. Dalam pelaksanaan siaga satu, polisi memperketat penjagaan keluar masuknya orang ke markas kepolisian. Selain itu, personel bersenjata laras panjang yang berjaga di pos penjagaan juga diperbanyak. Kendati melakukan penjagaan ketat, pelayanan di Polrestabes Medan tetap berjalan lancar. “Ya saat ini mungkin rekan rekan sudah mengetahui adanya beberapa serangan insiden insiden bom di wilayah Surabaya terutama, dan kami

diperintahkan bapak Kapolri untuk melaksanakan siaga satu namun siaga satu ini tetap kita memberikan pelayanan tetap humanis kepada masyarakat,” jelas Wakapolrestabes Medan AKBP Bagus Suropratomo, Senin kemarin. Pria dengan dua melati emas dipundaknya, menjelaskan siaga satu ini tidak berarti membuat situasi mencekam. “Bukan berarti membuat situasi mencekam, kita berwaspada karena bagaimanapun ancaman itu harus kita respon dengan bijak dengan terukur sesuai dengan aturan perundangundangan yang berlaku,” katanya. Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, namun tetap melaksanakan kegiatan rutinitas seperti biasa. “Imbauan kepada masyarakat Kota Medan, kita harus tetap waspada, kita harus tetap melawan apa yang dinamakan teroris tersebut, teroris ini sesuatu yang menggangu keamanan mengancam jiwa masyarakat, dan ini tidak bisa dikerjakan sendiri oleh aparat saja, semua warga masyarakat harus bersatu melawan teror,” pungkasnya. (bowo/rol)

Edy Nilai Pelayanan di Puskesmas masih Buruk Medan | Jurnal Asia Calon Gubernur Sumut nomor Edy Rahmayadi mengunjungi UPT Puskesmas Pekan Labuhan di Jalan Kl Yos Sudarso Km 18,5. Dia menyaksikan kerumunan masyarakat yang sedang duduk di kursi sedang antri berobat, kemarin. “Ini sedang nunggu antrian berobat pak, “ ujar salah seorang pasien, Purnama Isabela menjawab pertanyaan Edy yang datang menghampiri. Gerah karena banyaknya pasien mengantri mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ini langsung bertanya kepada salah seorang pegawai Puskesmas. “Bapak ibu ini lama mengantri apa karena tidak ada dokternya. Mana dokternya saya mau ngomong. Kasihan ini masyarakat mau berobat tapi tidak terlayani,” tanya Edy. Mendengar perkataan Edy, pegawai wanita itu langsung menjawab kalau dokter ada di dalam kantor. Disebutkannya, di Puskesmas itu ada tiga dokter tapi lainnya ada kegiatan upacara. Mendengar ucapan si pegawai Puskesmas

tersebut, Edy pun semakin tegas meminta agar dirinya bisa berjumpa dengan dokter tersebut. “Tolong panggilkan saya mau jumpa. Bagaimana masyarakat bisa terlayani dengan baik kalau dokternya saja tak ada di tempat. Kalau urusan upacara atau rapat itu nomor tiga. Nomor satu itu pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat ini harus terlayani dengan sebaik-baiknya,” tegas Edy Persoalan buruknya pelayanan diakui Edy merupakan salah satu pekerjaan rumah yang harus mendapat perhatian serius bagi pemerintah. Buruknya mental dan pelayanan pekerja medis diakuinya menjadi penyebab banyak masyarakat berobat ke luar negeri. Makanya kalau dilihat masyarakat yang punya uang lebih memilih berobat keluar negeri karena mereka mendapat pelayanan yang baik di sana. Tapi kalau masyarakat yang kurang beruntung secara inansial hanya mengandalkan BPJS, atau ke Puskesmas. “Udah begitu sampai kesini tak ada pula dokternya. Sekali lagi saya mohon layananilah masyarakat kita ini sebaik-baiknya,” harapnya. (swisma/ril/rol)

Jurnal Asia | Ist

BERBINCANG. Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berbincang dengan masyarakat yang mengantri lama berobat di Puskesmas.

Medan | Jurnal Asia Dalam waktu dekat, Polsek Medan Mota akan mengatensikan pengamanan pada sejumlah pusat keramaian di wilayah hukumnya. Salah satunya yang paling utama adalah Ramadhan Fair yang berada di Jalan Mesjid Raya, Kecamatan Medan Kota. “Selain Ramadhan Fair, pengamanan juga ada kami lakukan di sejumlah pusat keramaian seperti Yuki Simpang Raya, Medan Mall, maupun Ramayana Plaza,” ujar Kapolsek Medan Kota, Kompol Revi Nurvelani kepada sejumlah wartawan, Selasa (15/5). Revi menjelaskan, untuk pelaksanaan Ramadhan Fair selama sebulan, Polsek Medan Kota menurunkan sebanyak delapan orang personil setiap harinya. Selain itu, kata Revi, pihaknya juga menjalin koordinasi dengan kecamatan dan pemuda setempat,

untuk menjamin keamanan pelaksanaan agenda tahunan bulan Ramadhan Kota Medan tersebut. “Sedangkan untuk pusat keramaian dan mall, pengamanan kami lakukan bersama dengan Polrestabes Medan. Di situ ada empat personil yang berjaga setiap hari, dari kita dua dan dari Polresrabes dua,” jelas Revi. Revi mengimbau, agar masyarakat tidak perlu takut dalam menghadapi situasi keamanan yang berlangsung belakangan ini. Apalagi terkait dengan maraknya aksi teror yang terjadi, khususnya di bulan Ramadhan. “Kepolisian akan bekerja keras untuk keamanan masyarakat. Dengan berupaya menciptakan situasi agar tetap berjalan secara kondusif. Masyarakat jangan takut. Karena kita akan tetap bekerja,” pungkas Revi. (ial/rol)


4

rabu 16 Mei 2018

PENTAS PILKADA

Bawaslu dan Ormas Islam Serukan Pilkada Bersih

Antara | Aditya Pradana Putra SOSIALISASI PILKADA UNTUK PENYANDANG DISABILITAS. Petugas KPU mensosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018 kepada sejumlah warga penyandang disabilitas di Ungaran, Kabupaten Semarang, Selasa (15/5). Selain untuk meningkatkan angka partisipasi dalam menggunakan hak pilih, sosialisasi tersebut juga untuk menyerap aspirasi kalangan penyandang disabilitas agar melakukan pencoblosan surat suara.

Terkait Dugaan Iklan Kampanye

Tiga Elite PSI Terancam Sanksi Bawaslu Jakarta | Jurnal Asia Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mengumumkan hasil pemeriksaan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) atas dugaan iklan kampanye di luar jadwal. Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin mengatakan, ada tiga nama yang akan bertanggung jawab dalam kasus ini. “Iya (lebih dari satu orang) yang muncul, tiga nama penanggungjawab, yakni nama-nama yang muncul di pemeriksaan,” ujar Afif di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (15/5). Afif tidak menyebutkan detail pihak yang dimaksud, dia hanya mengatakan ketiga nama ini merupakan pejabat inti dari PSI. Jika terbukti ada pelanggaran, maka ketiga orang tersebut akan kena sanksi pidana sesuai dalam pasal 492 UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. “Iya pejabat teras. Nantinya sanksi terberatnya pidana itu yang terdapat pada pasal 492,” kata Afif. Dia mengatakan, pembacaan

keputusan ini akan dilakukan Rabu (16/5). Saat ini Bawaslu masih melakukan pemeriksaan dan meminta ketua umum PSI Grace Natalie untuk hadir dalam pemeriksaan, setelah sebelumnya tidak memenuhi panggilan Bawaslu. “Waktu pemeriksaan berhenti besok, besok kita akan sampaikan pada publik dan lain-lain. Iya (ketum partai tidak hadir) tapi ada perwakilan partainya dua orang. Makanya kemarin dari kepolisian masih menunggu kehadiran dari ketum PSI masih ada waktu, kan (pemeriksaan) sampai besok,” tutur Afif. Sebelumnya, PSI diduga melakukan kampanye di luar jadwal dengan memasang iklan kampanye di media cetak. Dalam iklan yang dibuat PSI, tertulis ‘Alternatif Cawapres dan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo’. Dalam iklan ini, ditampilkan pula foto Jokowi, lambang partai PSI, nomor urut peserta pemilu PSI, serta nama dan foto calon cawapres dan calon menteri periode 2019-2024.

PSI tak akan Lari dari Sanksi PArtAi Solidaritas Indonesia (PSI) siap menghadapi sanksi jika memang terbukti melakukan pelanggaran kampanye pemilu. Masa penyelidikan dugaan pelanggaran PSI oleh Bawaslu sudah habis waktunya pada Rabu (16/5). “Akan kami jalankan dan kami tidak akan lari,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI, Raja Juli Antoni, ketika dihubungi wartawan, Selasa (15/5). Kendati siap menerima sanksi, Raja menegaskan, iklan berupa polling yang dibuat PSI bukan merupakan bagian dari

kampanye pemilu. Menurut Raja Juli, iklan itu adalah pendidikan politik untuk masyarakat. “Iklan juga sudah atas persetujuan DPP PSI. Namun, semua tergantung (putusan) Bawaslu,” lanjutnya. Raja juga mengonirmasi penyebab ketidakhadiran Ketua Umum PSI, Grace Natalie, saat dipanggil Bawaslu. Menurut dia, Grace sedang berada di luar kota saat pemanggilan tersebut. “Pemanggilan yang kami terima hanya satu kali,” tuturnya. (rep/rol)

Diketahui berdasarkan PKPU No. 5 Ta h u n 2 0 1 8 , d i s e b u t k a n w a k t u pendaftaran calon presiden ke KPU adalah 4-10 Agustus 2018. Sedangkan masa kampanye pilpres baru akan dimulai pada 23 September 2018 sampai 13 April 2019. Bila terbukti melakukan pelanggaran, akan dikenai sanksi sesuai dengan aturan yang terdapat dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 Pasal 492 tentang Pemilu. Ancaman hukumannya paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp12 juta. (dtc/rol)

Jakarta | Jurnal Asia Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan sejumlah ormas Islam menyerukan gerakan pilkada bersih. Gerakan ini untuk menjaga kesucian ramadan. “Memasuki Ramadhan kami organisasi Islam ingin menjaga kesucian ramadan dari kampanye di tempat ibadah dan politik uang. Kami membuat gerakan pilkada bersih,” kata perwakilan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bunyan Saptomo di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (15/5). Organisasi yang mendeklarasikan gerakan pilkada bersih di antaranya Muslimat Nahdlatul Ulama, Majelis Ulama Indonesia, Persatuan Islam, Lembaga Hikmah Kebijakan Publik (LHKP) PP Muhammadiyah, Badan Amil Zakat Nasional dan Aisyiyah. Menurut Bunyan, Bawaslu dan KPU sudah menetapkan aturan mengenai kampanye pilkada. Saat kampanye dilarang memberikan/menjanjikan uang, menghina SARA hingga menggunakan fasilitas dan anggaran pemerintah. Namun aturan tersebut, sambung Bunyan, tidak menjamin kampanye terbebas dari pelanggaran. Karena itu, Bawaslu dan ormas mengimbau agar pihak terkait mematuhi peraturan tersebut. Sementara itu, anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan, tokoh agama menjadi bagian penting di dalam masyarakat. “Dengan harapan melibatkan banyak tokoh agama cara penyampaian bisa lebih baik, lebih diterima. Kami sangat yakin tokoh agama masih jadi orang penting yang di dengarkan. Harapan kami menjadi informasi yang sangat didengarkan,” kata Afif. Berikut imbauan bagi parpol, pasangan calon, tim kampanye dan relawan terkait kampanye bulan ramadhan: 1. Partai politik, pasangan calon, tim kampanye, relawan, dan setiap orang untuk menjaga kesucian bulan ramadhan dengan menaati aturan kampanye dan tidak melakukan aktivitas yang dilarang oleh ketentuan Undang-undang dalam pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. 2. Partai politik, pasangan calon, tim kampanye, relawan, dan semua pihak menggunakan momentum Ramadhan untuk melakukan pendidikan politik dengan melakukan kampanye Pilkada dan Pemilu sesuatu dengan peraturan perundang-undangan. 3. Mengimbau partai politik, pasangan calon, tim kampanye, relawan dan setiap orang untuk tidak memanfaatkan penunaian zakat infak dan sedekah sebagai sarana kampanye. 4. Partai politik, pasangan calon, tim kampanye, relawan politik dan setiap orang agar menjaga kesucian tempat ibadah dengan tidak memanfaatkannya sebagai sarana kampanye politik praktis, membagikan bahan dan atau pemasangan alat peraga kampanye. (dtc/rol)


Rabu 16 Mei 2018

5

EDUKASI

USU- KPK, MK, MPR Deklarasi Anti Korupsi Medan | Jurnal Asia Universitas Sumatera Utara (USU), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahkamah Konstitusi (MK) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menandatangani dan deklarasi anti korupsi di hadapan para penyelenggara negara aparat penegakan hukum, civitas akademika dan mahasiswa di Auditorium USU, Selasa (15/5). Deklarasi itu dilakukan Ketua KPK Agus Raharjo, Ketua MK Anwar Usman, Bidang Pengkajian MPR, Bambang Sadono dan Rektor USU Prof Runtung Sitepu dalam rangkaian festival konstitusi dan antikorupsi 2018 . Pada ajang tahunan itu, USU menjadi tuan rumah setelah UI kedua dan Universitas Hasanuddin, Makassar yang dalam kegiatan tersebut juga digelar talkshow bertema “Mengawal Demokrasi Konstitusi, Melawan Korupsi” Ketua MK, Anwar Usman mengatakan, selama ini MK mencatat, tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap konstitusi atau undang-undang di Indonesia terus

meningkat. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang mengajukan uji materi di MK. Meskipun tidak merinci berapa jumlah masyarakat yang telah mengajukan uji materi terhadap produk-produk hukum yang telah diterbitkan. Menurut dia, peningkatan jumlah pengajuan ini menandakan bahwa masyarakat telah sadar dan paham mengenai undangundang. Secara kualitas juga meningkat. Dia melihat, akhir-akhir ini masyarakat yang mengajukan uji materi di MK sering menyoroti pasal-pasal tertentu yang dinilai tidak sejalan dengan UUD. “Argumen yang mereka berikan juga makin berkualitas. Pemahaman dan kesadaran masyarakat yang tinggi itu sangat penting agar masyarakat bisa sama-sama mengawal konstitusi demi mewujudkan kehidupan yang berkeadilan,”katanya. Terkait tentang penegakan tindakan korupsi menurut dia, seluruh aparat penegak hukum memiliki kepentingan dan tanggung jawab untuk bersama-sama dalam memberantas korupsi.

Jurnal Asia | Ist TANDATANGAN. Ketua KPK Agus Raharjo menandatangani naskah kerjasama anti korupsi disaksikan Rektor USU Prof Runtung Sitepu (kiri) didampingi Ketua MK Anwar Usman serta Bidang Pengkajian MPR (kanan) dalam rangkaian festival konstitusi dan antikorupsi 2018.

Menteri Muhadjir: Kompetensi Guru Perlu Dibenahi Jakarta| Jurnal Asia Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Efendy mengatakan, masalah regenerasi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi hal yang perlu diperhatikan. Lantaran, melalui dua hal tersebut, akses pemerataan kualitas pendidikan dan relevansinya dengan dunia kerja bisa diwujudkan. ”Terutama masalah tenaga pengajar,” ucap Muhadjir. Dia mengatakan, sumber daya manusia (SDM) saat ini belum bisa merata dan kompetensinya masih perlu dibenahi. Dalam hal kompetensi, seorang guru harus memiliki standar sendiri sesuai dengan perkembangan siswa. Selain itu, pemerataan kualitas guru juga masih jadi masalah. ”Kita kekurangan guru di wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Itu menjadi masalah,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Dra Zubaidah MM

menyampaikan masalah di dunia pendidikan masih sangat banyak. Apalagi, saat ini memasuki era revolusi 4.0 yang mengedepankan tekonologi informasi. ”Kami menggandeng Asosiasi Pe nyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) untuk meningkatkan mutu guru dan siswa dalam hal teknologi informasi,” kata Zubaidah. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Drs Burhanuddin MPd pun berpendapat senada. Peningkatan kualitas guru bisa digenjot melalui pelatihan-pelatihan. Menurut Burhan, ada beberapa guru yang terkadang kesulitan menerima materi. Selama ini, menurutnya, sudah banyak peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan yang diadakan sekolah dan disdik. Misalnya, peningkatan kompetensi dalam pembelajaran media dan kompetensi pembuatan media. ”Balik lagi ke gurunya, bisa tidak menerima dan menyerap isi kompetensinya,” ujar Burhan. (jpnn|swm)

Untuk itu, diperlukan roadmap kerja sama antar lembaga penegak hukum, termasuk akademisi agar pemberantasan korupsi lebih komprehensif.. Menurutnya. dengan wilayah Indonesia yang sangat luas, sungguh dirasa tak adil jika upaya pemberantasan korupsi hanya dibebankan kepada KPK. “KPK juga memiliki kekurangan, baik secara struktur maupun personil. Jika korupsi masih merajalela, maka salah satu cita-cita dalam konstitusi, yakni memajukan dan menyejahterakan masyarakat bakal sulit tercapai,”ujarnya. Untuk itu lanjutnya, diperlukan kegiatan seperti festival konstitusi dan anti korupsi ini ke kampuskampus, karena mahasiswa dan anak-anak muda merupakan generasi penerus bangsa yang akan mempertahankan NKRI. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian

MK, KPK dan MPR sebagai upaya untuk mencegah tindakan kejahatan korupsi, agar terwujud kesejahteraan sosial masyarakat. Sebab dengan menciptakan budaya anti korupsi berarti menegakkan konstitusi. Rektor USU, Prof Runtung Sitepu mengapresiasi kegiatan tersebut dan bangga menjadi universitas yang ketiga diselenggarakannya festival konstitusi dan anti korupsi. Dari kegiatan ini diharapkan, mahasiswa mendapat pemahaman sejak dini mengenal bagaimana mengawal konstitusi untuk mencapai tujuan negara yakni, anti korupsi. “Di USU sendiri, kita ada mata kuliah pendidikan agama di setiap fakultas. Karena, pendidikan agama dasar untuk membentengi dirinya sebagai manusia yang memiliki mental yang baik dan jauh dari sifat korupsi,”katanya. (swisma)

Kemenristekdikti Genjot Riset Internasional Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menggenjot kualitas riset pendidikan tinggi di Indonesia. Upaya meningkatkan riset tersebut dilakukan dalam sejumlah cara seperti tidak bergantung kepada anggaran pendanaan riset dari pemerintah yang hanya 0.08 persen dari GDP Indonesia. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan pemerintah juga melibatkan industri dalam pendanaan riset. “Risetnya yang memberikan output bermanfaat bagi industri,” kata Nasir, Selasa (15/5). Nasir mengatakan pemerintah menggenjot kualitas riset terkait keinginan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Peningkatan tersebut agar pendidikan tinggi di Indonesia menuju kelas dunia atau World Class University. Untuk mencapainya, ia menerangkan, Indonesia harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan standar international. Standar tersebut mengacu pada Quacquarelli Symonds (QS) rank yang dilakukan oleh lembaga riset QS yang bergerak pada bidang pendidikan. “Memang masalah riset menjadi penting untuk menjadi World Class University. Kualitas

riset, jumlah publikasi nasional dan internasional merupakan syarat mutlak harus dicapai oleh perguruan tinggi,” ucap Nasir. Cara lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dia menerangkan, pemerintah juga mendorong perguruan tinggi lokal berkolaborasi dengan perguruan tinggi asing melalui program Staf Mobility dan Student Mobility . “Output-nya publikasi internasional dan ditargetkan masuk kedalam TOP 200 Journal, demi meningkatkan ranking perguruan tinggi Indonesia,” jelas Nasir. Kemenristekdikti juga terus mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk meningkatkan ranking di tingkat dunia. Saat ini, ada tiga perguruan tinggi Indonesia yang masuk Top 500 University versi QS rank. Ketiganya adalah Universitas Indonesia (UI) pada posisi 277, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada posisi 330, Universitas Gadjah Mada (UGM) pada posisi 301. Nasir menargetkan UI mampu ke posisi 200, ITB 250, dan UGM 300. “Tentu mereka harus kerja keras. Kemudian menyusul Unair dan IPB karena mereka saat ini sudah di angka 700. Kami akan dampingi 11 perguruan tinggi lagi,” ujar dia. (rep|swm)


6

rabu 16 mei 2018

PERISTIWA

Polrestabes Gerebek Kampung Sejahtera 10 Orang Diciduk

Antara | Rahmad Kasus uJaRaN PasCa BOM suRaBaYa. Polisi menghadirkan tersangka BK (49) Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Pemko Lhokseumawe saat rilis kasus ujaran kebencian (Hate Speech) di Polres Lhokseumawe, Aceh, Selasa (27/3).

Selama Ops Patuh Toba 31 Orang Tewas Medan | Jurnal Asia Kecelakaan lalu lintas meningkat cukup tajam selama Operasi Patuh Toba 2018. Tercatat, 31 pengendara meninggal dunia di jalan raya selama Operasi yang digelar 26 April hingga 9 Mei di Sumatera Utara. Bila tidak ada tindakan konkret dari Pemerintah dan Kepolisian untuk menekan angka kecelakaan, diperkirakan angka korban tewas sia sia di Jalan Raya akan terus bertambah. Minimnya pendidikan berlalu lintas bagi masyarakat, ditambah lagi infrastruktur jalan yang buruk menjadi penyebab kecelakaan. “Tingginya angka kecelakaan tidak bisa dibilangkan salah di Kepolisian, infrastruktur yang layak juga menjadi penting untuk menekan kecelakaan,” ujar Pengamat Kebijakan Publik Sumut, Padian Adi S Siregar kepada wartawan, Selasa (15/5).

Ia menjelaskan, mestinya Pemerintah harus menanggapi banyaknya korban yang tewas di Jalan Raya, dengan memberikan pemahaman pendidikan berlalu lintas di Jalan Raya. ”Harusnya Pemerintah langsung bersentuhan melalui media, sosialisi tentu pihak kepolisian binmas juga harus berjalan. Kenapa kecelakaan terus meningkat karena aspek regulasi berlalu lintas tidak begitu baik, sosialisasi mengenai ambang batas kecepatan sangat lemah, begitu juga dengan infrastruktur marka jalan tidak begitu baik,” jelasnya. Sekretaris Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Sumut ini juga menyampaikan tindakan pencegahan dengan memberikan edukasi untuk meningkatkan kesadaran mengemudi yang aman, harus diutamakan dibanding dengan penegakan hukum.

Bertikai Dalam Rumah Tangga | Medan | Jurnal Asia Hanya karena tak mau diajak pindah rumah, Hadi Rispai Lubis (40) nyaris saja membunuh istrinya dengan parang dirumahnya Jalan Kenari XVI, Perumnas Mandala, Percut Sei Tuan. Pertikaian dalam rumah tangga itu sudah sering terjadi. Namun puncaknya Senin (14/5) malam, pasangan suami istri (pasutri) itu terlibat pertikaian sengit dirumahnya. Disitu Hadi, suami dari Rahmayani (43), mengajak istrinya untuk pindah rumah. Namun ajakan itu tidak mendapat respon dari istrinya justru malah menimbulkan kegaduhan antara kedua pasutri itu. Ketika kegaduhan itu berlangsung, disitu Rahmayani beranjak dari rumah menuju ke rumah saudara laki-lakinya yang tak jauh dari rumahnya. Ternyata itu membuat Hadi berang dan tersulut emosi hingga mengambil parang dan martil lalu mendatangi rumah saudara laki-laki istriya itu. Setibanya disana, emosi pelaku yang semakin memuncak lantas memarahi istrinya dengan kata-kata kotor. Tak terima, Rahmayani pun menjawab perkataan yang tak pantas dari suaminya

”Tentunya secara umum opersi patuh Toba tertib berlalu lintas tidak dilakukan secaa menyeluruh, harusnya ada upaya persuasif,” ungkap Padian. “Di satu sisi Gakum (Penegakan Hukum) ditegakan dalam konteks waktu tertentu, mestinya setiap pengendara harus tertib berlalu lintas, dan ini tugas Pemerintah untuk terus menyadarkan masyarakat pentingnya keselamatan mengemudi di Jalan Raya, bila ini diabaikan maka korban kecelakaan terus bertambah,” sambungnya. Diketahui, Sebanyak 31 pengendara tewas akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi di Sumatera Utara selama Ops Patuh Toba digelar, 26 April hingga 9 Mei 2018. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 2 orang atau 6,89 persen dibandingkan tahun 2017, sebanyak 29 pengendara yang tewas lakalantas. (bowo/hut)

Medan | Jurnal Asia Kawasan pemukiman padat penduduk yang satu ini memang tak pernah bersih dari peredaran narkotika. Kampung Kubur kini berganti nama menjadi Kampung Sejahtera Jalan KH Zainul Arifin Kecamatan Medan Petisah tetap menjadi lokasi peredaran narkoba di Medan. Lokasinya yang berada di “Jantung Kota” membuat Kampung Sejahtera menjadi lokasi strategis bisnis narkotika jenis sabu sabu dan ekstasi. Selasa (15/5) kemarin, polisi menggerebek pemukiman yang berada di bantaran Sungai Deli ini. “Penggerebekan ini kita gelar sehubungan menjelang bulan puasa Ramadhan, lokasi yang dianggap rawan narkoba dan penyakit masyarakt menjadi sasaran,” ujar Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP I Gede Nakti Widhiarta kepada wartawan, Selasa malam. Dalam penggerebekan itu, pihaknya turut mengerahkan puluhan personel Sat Sabhara Polrestabes Medan dan juga Sat Narkoba Polrestabes Medan. Sesampainya disana, satu persatu rumah warga yang disyaki menyimpan narkoba, berikut orang di dalamnya digeledah polisi. Nah, saat penggerebekan ini, sejumlah orang yang mengetahui kabar ini seketika dibuat panik. Sangkin takutnya, sejumlah orang tanpa pikir panjang meloncat ke dalam Sungai Deli, menghindari pemeriksaan polisi. Kendati begitu, dari pemeriksaan polisi mengamankan 10 orang yang terdiri atas 9 orang pria dan 1 orang wanita, berikut barang bukti 1 plastik sedang diduga berisi sabu, 1 butir ekstasi, alat hisap sabu, plastik klip, dan juga 1 unit mesin jackpot. “Untuk pemeriksaan lebih lanjut, 10 orang yang diamankan dibawa ke Polrestabes Medan,” imbuhnya. Ia menegaskan, pihaknya akan terus meningkatkan razia di sejumlah lokasi yang dianggap rawan, menjelang bulan suci Ramadhan. “Kita akan terus memantau kawasan Kampung Sejahtera, untuk bersih dari narkoba, dan juga lokasi lain yang dianggap rawan, saya himbau agar kita semua menjaga dan menghormati masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa,” pungkasnya. (bowo/hut)

Suami Nyaris Bunuh Istri

itu bahkan saudara laki-laki korban yang mendengarnya, turut mencampuri persoalan keduanya. Lalu pelaku menarik paksa istrinya itu untuk pulang ke rumah hingga menjadi tontonan banyak warga di lokasi. Lantaran istrinya berontak diajak pulang, pelaku langsung mengayunkan parang yang dibawanya ke arah tubuh istrinya. Namun korban mengelak hingga melukai tangan kirinya. Karena membahayakan, warga pun lalu memberitahukannya ke pihak Polsek Percut Sei Tuan. Tak lama sejumlah personil polisi datang kelokasi dan mengamankan pelaku berikut parang dan martil sebagai barang bukti. Selanjutnya pelaku diboyong ke kantor polisi guna pemeriksaan lebih lanjut. Sikap arogan pelaku terhadap istrinya diakui para tetangga dan bila bertikai pelaku kerap mengancam istrinya dengan senjata tajam. “Ngeri kali suaminya itu bang. Kalau sudah bertengkar, pelaku tak segan-segan mengancam istrinya dengan senjata tajam meskipun di depan warga,” sebut para si tetangga kepada wartawan di lokasi. Sementara Rahmayani

mengatakan, jika pindah rumah dia kehilangan pekerjaannya sebagai buruh cuci. “Bukan saya tidak mau menuruti kata suami bang. Kalau pindah, sudah jelas saya kehilangan pekerjaan sebagai buruh cuci. Sedangkan saya bekerja, uangnya dapat menutupi biaya anak-anak sekolah. Karena penghasilan suami tidak dapat menutupi biaya semuanya. Itu pun pindahnya jauh dari tempat saya bekerja,” terang korban di kantor polisi. Terpisah, pelaku membantah hendak membunuh istrinya sendiri. “Tidak ada saya berniat untuk membunuh. Saya hanya mengancam karena geram istri tidak menuruti kata suami. Justru istri saya sengaja tidak pulang dan lebih memilih ke rumah abangnya. Sementara saya mengajak pindah itu di lokasi lahan garapan. Tujuannya untuk mengembangkan ternak ayam yang saya tekuni sebagai pekerjaan,”kata pelaku kepada wartawan. Hingga Selasa (15/5), pelaku kini masih menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Polsek Percut Sei Tuan, atas perbuatan yang dilakukannya terhadap istrinya itu. (hendra/hut)

Jurnal Asia | hendra Petugas mengamankan pelaku di lokasi berikut parang dan martil sebagai barang bukti yang digunakan mengancam istrinya.


rabu 16 mei 2018

7

NASIONAL

Ombudsman Periksa Novel Baswedan Terkait Dugaan Maladministrasi Polri

Antara | Reno Esnir PENANGKAPAN 13 TERORIS JAD. Kabag Pensat Ropenmas Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Yusri Yunus menunjukkan barang bukti bom yang digunakan oleh Para Terduga Teroris saat jumpa pers mengenai kasus teror Bom Surabaya di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/5). Mabes Polri melalui Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto mengatakan Pihak Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 13 orang anggota Jamaah Asharut Tauhid (JAD) Surabaya pasca aksi teror yang terjadi di Surabaya.

Baku Tembak, 1 Teroris Tewas Densus 88 Ledakkan Puluhan Bom di Dua Lokasi Surabaya | Jurnal Asia Tim Densus 88 dan Gegana meledakkan puluhan bom milik terduga teroris pelaku pengeboman Polrestabes Kota Surabaya pada Senin (14/5) di dua lokasi berbeda di kawasan Kecamatan Rungkut, Surabaya, Selasa (15/5). “Suara ledakan begitu keras dari radius 400 meter,” kata Deni, salah seorang saksi yang melihat langsung peledakan bom oleh Densus 88 di lahan kosong milik Pemkot Surabaya di Medokan Sawah Timur, Rungkut, Surabaya. Informasi yang dihimpun Antara di lokasi kejadian, Densus 88 berhasil menemukan puluhan bom yang diduga jenis pipa di rumah kontrakan milik terduga teroris Tri Murtiono yang tewas saat meledakkan bom di markas Polrestabes Surabaya. Oleh Densus 88, bom tersebut kemudian diledakkan di dua lokasi yang berbeda yakni di rumah terduga teroris di Tambak Medokan Ayu Gang 6 Nomor 2 A, Rungkut dan di lahan kosong milik Pemkot Surabaya yang biasa digunakan latihan militer Kodim 0831 Surabaya di Medokan Sawah Timur, Rungkut. Sedikitnya tiga bom diledakkan di rumah terduga teroris di jalan Tambak Medokan Ayu dan puluhan bom yang diledakkan di lahan milik Pemkot Surabaya di Medokan Sawah.

“Tadi baru satu kali, nanti ada lagi yang diledakkan,” kata salah seorang anggota kepolisian Densus 88 yang enggan disebut namanya. Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan sebelumnya mengatakan pihaknya meminta waktu terlebih dahulu untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait pemusnahan bom tersebut. “Kita coba memusnahkan dulu,” katanya. Diketahui, Tri Murtiono (bapak), Tri Ernawati (ibu), MDAM (anak pertama), MDSM (anak kedua) dan AAP (anak ketiga) secara bersamaan meledakkan bom bunuh diri di depan pintu masuk kantor Polrestabes Surabaya pada Senin (14/5). Dari kejadian tersebut, bapak, ibu dan dua anaknya meninggal dunia, sementara satu anaknya AAP berhasil diselamatkan petugas kepolisian. Baku Tembak Sementara itu, perburuan teroris di Surabaya, terus berlanjut. Baku tembak terjadi di sekitar Jalan Sikatan 3, Manukan Wetan Gang IV, Tandes, Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa petang, 15 Mei 2018. Satu terduga teroris yang belum dikenali identitasnya itu tewas dalam aksi baku tembak dengan aparat Densus 88.

Aksi baku tembak tejadi pukul 17.15 WIB, saat dilakukan penyergapan para terduga teroris yang belum diketahui jumlah pastinya. Kira-kira 30 menit, situasi bisa dikendalikan. Baku tembak itu sempat membuat warga panik. Terdengar berulang kali letusan senjata dari ujung gang sempit kawasan padat penduduk itu. “Ada bunyi ledakan juga,” ujar Herlambang, seorang warga setempat yang mendengar letusan tembakan dari dalam rumahnya. Hingga pukul 18.30 WIB, lokasi masih dipenuhi warga yang dilarang mendekat oleh polisi. Mobil ambulans tiba di lokasi dan membawa terduga teroris ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk diidentiikasi. Ada satu mobil lagi yang diduga membawa teroris yang ditangkap. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera mengatakan, baku tembak terjadi karena para terduga teroris itu melawan. Dia juga belum mengetahui identitas si terduga teroris, tetapi usianya diperkirakan 39-41 tahun. Belum diketahui juga berapa jumlah terduga teroris yang terlibat dalam baku tembak ini. “Nanti, kita informasikan lagi. Yang pasti, kita melakukan upaya tegas jika melakukan perlawanan, membahayakan anggota dan masyarakat,” ujar Barung. (dtc/bs/put)

Naqsabandiyah Sudah Puasa Hari Kedua Jakarta | Jurnal Asia Meski baru Kementerian Agama menggelar sidang Isbat dan menyebutkan bahwa puasa akan dimulai Kamis 17 Mei 2018, namun jemaah tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah telah melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Jemaah ini sudah menjalani puasa pada hari kedua. Seorang jemaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah, Billy mengatakan, jemaah ini menghitung 1 Ramadan 1439 Hijriyah jatuh pada Senin kemarin, 14 Mei 2018. Mereka juga sudah menggelar salat tarawih sejak Minggu malam, 13 Mei 2018. “Hari ini sudah hari kedua kita melaksanakan ibadah puasa Ramadan,” ucap Billy di Medan, Sumatera Utara, Selasa 15 Mei 2018. Sementara itu, kegiatan ibadah salat tarawih oleh jemaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah digelar secara berjemaah oleh suluk tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah di Jalan Kongsi Gang Leman Harahap, Mariendal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tarekat ini berpusat di pondok pesantren Bandar Tinggi Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Jemaahnya tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, jemaah ini paling banyak diketahui berada dari Sumatera Utara. “Penetapan 1 Ramadan pada tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah tetap mengacu pada

Alquran dan hadits. Penghitungan didasarkan pada kalender hisab qamariah,” kata Billy. Jemaah tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah lebih awal berpuasa dibanding waktu yang ditetapkan pemerintah melalui Kemenag. Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis 17 Mei 2018. (vv/put)

Antara | Iggoy el Fitra JAmAAh Tarekat Naqsyabandiyah melaksanakan salat Iduladha di Musala Baitul Makmur, Pauh, Padang, Sumatera Barat.

Jakarta | Jurnal Asia Komisioner Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Adrianus Meliala menemui penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, pada hari ini. Pertemuan itu untuk mengklariikasi sejumlah informasi yang didapat Ombudsman terkait dugaan maladministrasi Polri. “Kami mengklariikasi berbagai hal yang kami sudah dapatkan di kepolisian untuk kemudian ya itu benar atau tidaknya, kekurangan dan kelebihan gitu (kasus teror penyiraman air keras),” kata Adrianus di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (15/5). Menurut Adrianus, Ombudsman telah mengantongi sejumlah keterangan dari Novel Baswedan terkait penanganan perkaranya oleh pihak kepolisian. Nantinya, Ombudsman akan kembali mengklarifikasi keterangan Novel tersebut ke pihak kepolisian. “Nah, ini semua diperlukan dalam rangka kesimpulan akhir dari kegiatan Ombudsman selama ini yaitu melakukan kegiatan investigasi dengan inisiatif sendiri,” terangnya. Investigasi Ombudsman sendiri dilakukan terkait adanya informasi lambannya jajaran Korps Bhayangkara dalam mengusut kasus teror penyiraman air keras yang menimpa Novel Baswedan. “Dugaannya, bahwa Polri sesuai dengan banyak yang bilang bahwa Polri dalam hal ini tidak fokus, tidak serius, melakukan pembiaran dalam rangka penanganan kasus Novel, gitu, maka kami melakukan langkah ini,” jelasnya. Sekadar informasi, penyidik senior KPK Novel Baswedan mengalami kerusakan mata dan hampir buta setelah disiram air keras oleh orang tidak dikenal pada 11 April 2017 lalu di kawasan rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Novel sudah menjalani operasi besar sebanyak dua kali. Pada operasi pertama, mata kanan Novel Baswedan mulai bisa melihat dan mengalami perbaikan yang signiikan. (oz/put)

Kuartal I 2018

Utang LN Indonesia Rp5.425 T Jakarta | Jurnal Asia Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada kuartal pertama tahun ini mencapai US$387,5 Miliar atau sekitar Rp5.425 triliun (kurs Rp14 Ribu per dolar AS). Angka tersebut naik 8,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu US$330,04 miliar. Berdasarkan data statistik ULN yang dirilis BI, Selasa (15/5), kenaikan terutama terjadi pada utang pemerintah yang naik 11,6 persen menjadi US$181,14 miliar atau sekitar Rp2.535 triliun. Sementara itu, utang luar negeri swasta hanya naik 6,3 persen menjadi US$174,05 miliar atau sekitar Rp2.437 triliun. “ULN Indonesia pada akhir kuartal I 2018 tersebut tumbuh sebesar 8,7 persen, melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada kuartal sebelumnya yang mencapai 10,4 persen,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam keterangan resmi, Selasa (15/5). Agusman menjelaskan kenaikan utang luar negeri pemerintah bersumber dari penerbitan sukuk global sebesar US$ 3 miliar. Hingga akhir kuartal I 2018, ULN pemerintah didominasi Surat Berharga Negara (SBN) yang dimiliki oleh nonresiden sebesar US$124,8 miliar atau sekitar Rp1.747 triliun dan pinjaman kreditur asing sebesar US$56,3 miliar atau sekitar Rp788,2 triliun. “Investor asing masih mencatatkan beli bersih SBN pada kuartal I 2018. Perkembangan ini tidak terlepas dari kepercayaan investor asing atas SBN domestik yang masih tinggi ditopang peningkatan peringkat utang Indonesia,” terang Agusma. Sementara itu, melambatnya pertumbuhan utang luar negeri swasta, menurut dia, terutama dipengaruhi oleh ULN sektor industri pengolahan dan sektor pengadaan listrik, gas, dan uap/air panas (LGA). Secara tahunan, pertumbuhan ULN sektor industri pengolahan dan sektor LGA pada kuartal I 2018 masing-masing tercatat sebesar 4,4 persen dan 19,3 persen. (cnn/put)


8

rabu 16 mei 2018

INTERNASIONAL

AS Desak PBB Bertindak Cepat Soal Krisis Rohingya

Foto: int Warga Palestina menyelamatkan diri dari tembakan dan gas air mata yang dilancarkan tentara Israel di Perbatasan Gaza, Senin (14/5) waktu setempat.

Perdamaian di Yerusalem Kian Jauh Yerusalem | Jurnal Asia Pasukan Israel menembak mati puluhan demonstran Palestina di perbatasan Gaza, yang berunjuk rasa menentang pembukaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem. Pada tanggal 14 Mei 2018, AS resmi memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Di hari paling berdarah bagi warga Palestina sejak 2014, pejabat Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan 58 demonstran tewas, sementara 2.700 orang terluka akibat tembakan langsung, gas air mata dan persenjataan lainnya. Pemimpin senior Hamas, Khalil Al-Hayya mengatakan aksi demonstrasi itu bertepatan dengan kejahatan yang menyedihkan, atas pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem. “Orangorang kami keluar untuk menanggapi agresi ZionisAmerika yang baru ini,” kata Al-Hayya, seperti dilansir Reuters, Selasa (15/5). Di Gaza, demonstrasi Palestina dengan cepat berubah menjadi pertumpahan darah. Puluhan ribu orang berdemo di tepi perbatasan daerah kantong pantai, sebagian besar lainnya mendekati pagar perbatasan Israel. Peristiwa memilukan ini disebut semakin membuat perdamaian yang ditengahi AS kian mustahil tercapai. “Antara nol atau tidak ada sama sekali,” kata Martin Indyk, mantan utusan khusus AS untuk negosiasi Israel-Palestina di pemerintahan Barack Obama, terkait peluang Presiden Donald Trump mendamaikan kedua negara Timur Tengah.

Pemimdahan Kedubes ini memenuhi janji kampanye Trump sekaligus membuat marah warga Palestina dan memicu kritik. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan pihaknya bertindak untuk mempertahankan diri dari kelompok Hamas yang menguasai wilayah pesisir itu. “Sulit untuk melihat bagaimana pemimpin Palestina bisa kembali ke proses perdamaian yang didorong Amerika setelah pemindahan kedubes dan pembunuhan di Gaza,” kata Khaled Elgindy, mantan penasihat pemimimpin Palestina yang kini bekerja di Brookings Institution, Washington. “Jika dan ketika pemerintahan mendorong rencana perdamaian, kemungkinan besar hal itu lebih dulu mati sebelum ditindaklanjuti,” ujarnya sebagaimana dikutip Reuters. “Setidaknya, hal itu harus disertai dorongan untuk pihak Israel agar berhenti menggunakan upaya mematikan terhadap demonstran.” Alih-alih meminta Israel menahan diri, seperti Perancis dan Inggris, AS malah menyalahkan Hamas. Hamas sendiri menampik memicu kekerasan tersebut. “Hamas secara sengaja dan sinis memicu respons ini,” kata juru bicara Gedung Putih Raj Shah. Dia juga mengatakan Amerika tak percaya pembukaan kedubes maupun kekerasan itu akan memengaruhi rencana damainya. Trump selama ini berpendapat pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota salah satu sekutu terdekat AS membuat Yerusalem, bagian tersulit

dalam negosiasi, tak lagi perlu diperhitungkan dan secara resmi mengakui kenyataan di lapangan. Israel menganggap seluruh bagian kota tersebut, termasuk bagian timurnya yang diduduki pada perang 1967, sebagai ibu kota abadi dan tak terpisahkan. Cegah Penyelidikan Sementara itu, sejumlah diplomat dilaporkan menyebut Amerika Serikat menggagalkan upaya Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyerukan penyelidikan independen terkait kematian puluhan warga Palestina dalam unjuk rasa di Jalur Gaza. Dalam laporan yang dipublikasikan pada Selasa (15/5), AFP tak menyebutkan diplomat mana saja yang dimaksud, maupun menjelaskan secara rinci mengenai peristiwa penjegalan itu. Draf pernyataan yang batal dirilis itu berbunyi: “DK PBB mengungkapkan kemarahan dan dukanya terhadap pembunuhan warga sipil Palestina yang tengah menggelar protes damai. DK PBB menyerukan investigasi independen dan transparan atas tindakan-tindakan ini untuk memastikan pertanggungjawaban.” Pernyataan itu semula hendak dilontarkan DK PBB menanggapi laporan yang menyebut bentrokan dengan aparat Israel di Gaza pada Senin menewaskan sedikitnya 55 warga Palestina dan melukai 2.400 lainnya. Perwakilan Palestina untuk PBB menyebut puluhan korban tewas itu terdiri dari delapan anakanak di bawah 16 tahun. (cnn-vv-dc-adp)

“Dunia Terkejut dan Prihatin” Gaza | Jurnal Asia Setidaknya 58 warga Palestina tewas ditembak pasukan Israel dalam bentrokan saat aksi-aksi demo di perbatasan Gaza. Insiden tragis itu terjadi saat ribuan demonstran Palestina memprotes pemindahan Kedutaan Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem. Seperti dilansir media Anadolu Agency, Selasa (15/5), negara-negara bereaksi atas peristiwa tragis yang terjadi pada Senin (14/5) waktu setempat tersebut. Kecaman keras disampaikan Turki yang mengumumkan masa berkabung nasional selama tiga hari sebagai solidaritas untuk Palestina. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk tragedi kemanusiaan di Gaza tersebut, seraya menyebut kekerasan Israel terhadap demonstran Palestina sebagai genosida. Erdogan juga mengatakan, pemerintah AS telah kehilangan perannya sebagai penengah di Timur Tengah dengan keputusannya mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Sementara itu, meski tidak mengutuk kekerasan di Gaza, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini mengatakan, puluhan warga Palestina, termasuk anak-anak telah tewas akibat tembakan Israel.

“Israel harus menghormati hak untuk berdemo secara damai dan prinsip proporsionalitas dalam penggunaan kekuatan,” tutur Mogherini. Kantor Perdana Menteri (PM) Inggris dalam statemennya menyatakan prihatin atas kekerasan di Gaza. “Kami prihatin akan laporan-laporan kekerasan dan hilangnya nyawa di Gaza,” demikian statemen kantor PM Inggris. Senada dengan itu, Kementerian Luar Negeri Jerman menyatakan terkejut dan sangat prihatin atas kekerasan di Gaza yang menewaskan puluhan warga Palestina. Meski tidak mengutuk Israel, namun Jerman menyerukan otoritas Israel untuk berhenti menggunakan peluru asli terhadap para demonstran damai. “Israel berhak untuk membela dirinya sendiri dan mengamankan pagar (perbatasan Gaza) dari penyusupan. Namun prinsip proporsionalitas berlaku. Itu termasuk hanya menggunakan peluru asli ketika metode-metode pencegahan lain yang kurang kuat tidak berhasil dan dalam keadaan adanya ancaman nyata,” demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri Jerman. Kementerian menekankan, warga di Jalur Gaza punya hak untuk melakukan aksi-aksi demo damai,

namun juga mengingatkan untuk tidak melakukan tindakan yang memperkeruh situasi. Pemerintah Mesir pun mengutuk kekerasan Israel terhadap para demonstran Palestina. Mesir menyebut langkah tersebut sebagai eskalasi serius yang bisa memicu konsekuensi berbahaya. Hal senada disampaikan pemerintah Qatar yang mengutuk kekerasan Israel sebagai pembantaian. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, Lulwah al-Khater mengatakan, negaranya menyerukan kekuatan regional dan internasional untuk menekan Israel agar menghentikan pembunuhan tersebut. Di Iran, Menteri Luar Negeri Javad Zarif menyebut kekerasan Israel terhadap para demonstran Palestina itu memalukan. Zarif pun menyebut Jalur Gaza yang selama satu dekade ini berada di bawah embargo Israel dan Mesir sebagai “penjara terbuka di dunia”. Kecaman juga disampaikan pemerintah Bahrain yang mengingatkan adanya bahaya besar dan reaksi negatif atas kekerasan Israel. Kementerian Luar Negeri Bahrain menegaskan penolakannya atas penggunaan kekerasan dalam menghadapi para demonstran damai. (dc-adp)

New York | Jurnal Asia Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan cepat terkait krisis Rohingya. Lebih dari 700 ribu warga Rohingya telah meninggalkan rumahrumah mereka di Myanmar. “Keterlibatan aktif Dewan Keamanan perlu untuk mengakhiri krisis Rohingya,” kata Haley seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (15/5). “Kita punya alat-alat unik untuk mendorong Burma (Myanmar) mengambil langkah-langkah nyata untuk menyelesaikan krisis ini, dan kita harus menggunakannya,” imbuhnya tanpa menyebutkan apakah yang dimaksudnya adalah sanksi-sanksi. Haley mengatakan, Dewan Keamanan PBB harus bergerak cepat untuk mengeluarkan sebuah resolusi, meski dia mengakui adanya tantangan berat karena sejumlah anggota dewan telah mencegah mereka mengambil tindakan karena alasan yang sinis dan mementingkan diri sendiri. Pernyataan Haley tersebut tampaknya mengacu ke Tiongkok, yang telah menolak desakan yang dipimpin oleh Inggris, untuk meningkatkan tekanan terhadap Myanmar agar mengadili mereka yang bertanggung jawab atas serangan-serangan terhadap warga Rohingya. Sejak Agustus 2017 lalu, sekitar 700 ribu warga Rohingya telah meninggalkan rumah-rumah mereka di negara bagian Rakhine dan mengungsi ke Bangladesh untuk menyelamatkan diri dari operasi militer Myanmar. Operasi militer tersebut diwarnai dugaan kekejaman pasukan Myanmar terhadap warga Rohingya, mulai dari pembakaran rumah, pemerkosaan hingga pembunuhan. (dc-adp)

Najib Bisa Didakwa Dalam Waktu Dekat Kuala Lumpur | Jurnal Asia Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, meyakini jaksa akan mampu membangun kasus yang kuat terhadap eks PM Najib Razak terkait skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Mahathir menyebut Najib bisa didakwa dalam waktu dekat. Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Selasa (15/5), hal itu diungkapkan PM Mahathir saat berbicara via video konferensi dengan Rapat Dewan CEO Wall Street Journal di Tokyo, Jepang. “Kami perlahan mencapai akar persoalan dan banyak pejabat senior kami yang menyerahkan informasi dengan didampingi, tentu, dokumen-dokumen. Kami kira dalam jangka waktu dekat kami akan mendapatkan kasus melawannya (Najib-red), kami akan bisa mendakwanya,” sebut Mahathir. Ditambahkan PM Mahathir bahwa dirinya sedang menghadapi persoalan dalam ‘berusaha mempercayai orang-orang untuk menyelidikinya (Najib)’. “Beberapa dari orang-orang ini pernah bersamanya (Najib-red), pernah memihaknya dan kita tidak tahu siapa yang akan loyal pada pemerintahan baru ini,” ungkap Mahathir. Dalam forum ini, PM Mahathir juga ditanya lebih lanjut apakah dirinya bersedia mencapai kesepakatan untuk mengampuni Najib, jika dia menawarkan informasi yang bisa mengembalikan dana US$ 4,5 miliar atau 18,19 miliar ringgit (Rp 62,1 triliun) milik 1MDB yang hilang misterius. “Tidak ada kesepakatan,” tegas PM Mahathir. Sebelumnya, PM Mahathir telah memerintahkan pencegahan ke luar negeri bagi Najib dan istrinya, Rosmah Mansor. Pencegahan ke luar negeri diberlakukan Departemen Imigrasi Malaysia sejak Sabtu (12/5) lalu, setelah Najib menuturkan akan liburan singkat ke luar negeri dengan keluarganya. Najib lengser dari jabatan PM Malaysia yang dipegangnya sejak tahun 2009, setelah koalisi Barisan Nasional (BN) yang dipimpinnya kalah dari koalisi Pakatan Harapan (PH) yang dipimpin Mahathir. Usai menang pemilu dan dilantik menjadi PM Malaysia, Mahathir berjanji untuk menyelidiki skandal korupsi 1MDB dan menindak tegas setiap pihak yang terlibat. (dc-adp)


Rabu 16 Mei 2018

9

bisnis Jadwal Penerbangan Penerbangan Jadwal Bandara Kualanamu Rabu, Kamis,16 18Mei Februari 2018 2016

Garuda Indonesia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta GA 181 Jakarta GA 183 Jakarta GA 197 Jakarta GA 185 Jakarta GA 187 Jakarta GA 189 Jakarta GA 121 Jakarta GA 191 Jakarta GA 193 Jakarta GA 195 Banda Aceh GA 280 Surabaya GA 288 Palembang GA 266 Denpasar (via Palembang) Batam GA 270 Lampung (via Batam) GA 270 Lhokseumawe GA 7124 Sibolga GA 263 Sabang GA 7112 Gunung Sitoli GA 7116 Silangit GA 7136 Singapura GA 850

05.20 09.00 10.10 11.15 12.20 14.05 16.05 17.00 18.35 20.35 16.10 06.00 06.30 GA 266 09.20 09.20 09.55 07.30 08.50 07.00 13.20 13.30

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Banda Aceh Surabaya Palembang 06.30 Batam

GA 180 GA 194 GA 182 GA 184 GA 186 GA118 GA 188 GA 190 GA 192 GA 196 GA 281 GA 289 GA 267

08.00 09.10 10.15 11.20 13.05 15.10 16.00 17.30 19.35 22.10 18.55 19.40 16.30

JAM

GA 271

17.05

Lhokseumawe Sibolga Sabang Gunung Sitoli Silangit Singapura

GA 7125 GA 262 GA 7113 GA 7117 GA 7137 GA 851

12.15 15.20 12.10 08.20 15.20 11.45

Batik Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

09.15 12.45 18.45 05.00 11.00 18.00

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

ID 7015 ID 7013 ID 7021 ID 6884 ID 6886 ID 6890

ID 7014 ID 7012 ID 7016 ID 6881 ID 6885 ID 6891

JAM 18.00 19.35 22.25 10.20 11.50 17.20

AirAsia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

11.10 13.25 18.50 18.30 12.25 15.35 09.10 17.25 20.25 15.50 07.05 06.00

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

QZ 107 QZ 103 QZ 105 AK 299 QZ 123 QZ 125 AK 391 AK 393 AK 395 QZ 155 QZ 8041 QZ 8075

QZ 106 QZ 102 QZ 104 AK 298 QZ 122 QZ 124 AK 390 AK 392 AK 394 QZ 154 QZ 8040 QZ 8074

JAM 13.00 15.25 20.50 18.05 14.50 18.20 08.35 16.55 20.00 20.10 10.35 11.55

Wings Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

06.20 08.10 08.15 09.00 11.30 14.00 10.45 13.20 10.00 07.50 13.30 -

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

IW 1263 IW 1265 IW 1269 IW 1249 IW 1267 IW 1261 IW 1253 IW 1241 IW 1251 IW 1259 IW 1257 IW 1255

07.35 08.35 10.20 11.05 13.35 16.05 12.55 15.35 12.25 09.55 12.15 15.15

IW 1268 IW 1264 IW 1266 IW 1248 IW 1262 IW 1260 IW 1252 IW 1240 IW 1250 IW 1258 IW 1256 IW 1254

Antara | Yulius Satria Wijaya PENDAPATAN PLN. Pekerja memasang jaringan listrik milik PLN di Bogor, Jawa Barat. PLN berhasil membukukan peningkatan pendapatan usaha pada 2017 menjadi senilai Rp255,29 triliun atau naik 14,6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Lembaga IEEFA menyimpulkan PT PLN kemungkinan akan mengerek tarif listrik sekitar 10 hingga 25 persen pada 2020.

Tarif Listrik Diperkirakan naik hingga 25 Persen Jakarta | Jurnal Asia Komitmen penggunaan batu bara sebagai sumber energi primer listrik untuk jangka panjang menimbukan risiko baru. Lembaga internasional The Institute for Energy Economics and Financial Analysis (IEEFA) menyimpulkan bahwa PT PLN (Persero) kemungkinan akan mengerek tarif listrik sekitar 10 hingga 25 persen pada 2020. Hal itu dilakukan untuk menjaga kinerja keuangan perseroan. Dalam kajian PLN’s Coal IPP Funding Gap Suggests Tariffs Must Rise in 2020, IEFFA memperkirakan beban biaya operasi PLN bisa meningkat dari Rp275,47 triliun menjadi Rp447,77 triliun pada 2021. Kenaikan terbesar berasal dari biaya pembelian listrik dari Rp72,42 triliun menjadi Rp119,17 triliun, yang berasal dari kapasitas pembangkit baru. Untuk menutup kenaikan beban, kajian tersebut menilai pemerintah juga perlu mengerek subsidi listrik hingga 2021. IEEFA memperkirakan subsidi listrik pada 2021 bisa membengkak dari Rp50,6 triliun pada tahun lalu menjadi Rp133,7 triliun. Jumlah tersebut dinilai sulit terpenuhi jika hanya mengandalkan APBN. IEEFA menilai kenaikan tarif akan

dilakukan demi menjaga kondisi keuangan perusahaan seiring upaya perusahaan untuk mendapatkan pendanaan dari penerbitan obligasi global. “Di masa lalu, PLN dapat menghindari sorotan terhadap kinerja keuangannya karena sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PLN tidak menjadi subyek pengawasan ketat yang umum dilakukan terhadap perusahaan listrik yang terdaftar di bursa efek,” ujar Konsultan Energgi IEEFA , Selasa (15/5). Menurut Brown, kebutuhan untuk mengerek tarif listrik merupakan masalah yang tidak bisa diacuhkan oleh investor, khususnya mengingat ada perkiraan kenaikan biaya operasi dalam empat tahun ke depan. “Namun kenaikan tarif ini merupakan topik yang dihindari oleh pemerintah dan PLN untuk dibicarakan sekarang mengingat tahun ini ada pemilihan kepala daerah dan pemilihan presiden pada 2019,” ujarnya. Secara implisit, memo tersebut juga mempertanyakan komitmen Indonesia untuk mengurangi penggunaan batu bara mengingat pasar tenaga listrik global mulai beralih ke produsen listrik yang lebih bersih dan dengan biaya yang lebih murah.

Terlebih, pasar pendanaan global juga mulai berkurang bagi sektor-sektor yang sarat penggunaan batu bara yang rentan terhadap isu perubahan iklim. Sementara, batu bara masih menjadi sumber energi primer listrik di Indonesia karena biayanya yang relatif untuk melistriki masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik. “Tantangan pendanaan terbesar bagi PLN untuk empat tahun ke depan adalah menemukan cara untuk membayar kenaikan beban biaya dari kapasitas IPP baru dan ekspansi grid yang terkait diperlukan untuk menjamin kapasitas listrik baru tersebut dapat dihantarkan,” ujar Brown. Sebelumnya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mengungkapkan batu bara tetap akan menjadi sumber energi utama hingga 2050 meskipun porsinya akan dikurangi secara bertahap. Dalam peta jalan Kebijakan Energi Nasional (KEN) disebutkan pemanfaatan batu bara dalam bauran energgi nasional ditargetkan sekitar 30 persen pada 2025, dan menjadi hanya 25 persen pada 2050. Adapun terkait tarif listrik, Pemerintah dan PLN telah menyatakan tidak akan ada kenaikan hingga 2019. (cnn|swm)

Puasa Surplus 7.000 Ton Daging Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan adanya surplus daging sebesar 7.000 ton. Surplus tersebut khusus terjadi pada Mei-Juni. “Intinya, untuk puasa kita surplus 7.000 ton dari sapi, kerbau, semua daging,” kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita, Selasa (15/5). Stok sur plus tersebut berasal dari empat sum ber yakni daging sapi, daging kerbau, bakalan dan jeroan. Direktur Pengadaan Bulog Andrianto Wahyu Adi menambahkan, stok daging kerbau di gudang Bulog mencapai 4.175 ton. Selain itu, ada 14.028 ton daging yang sedang dalam perjalanan untuk masuk ke Indonesia. Sebelum Lebaran akan masuk sekitar 16 ribu hingga 20

ribu ton. Angka tersebut berasal dari total kontrak impor 32.500 ton pada JanuariJuni. Ia menambahkan, tidak ada pengadaan daging kerbau impor India hingga Juli. Daging kerbau beku ini dijual Bulog dengan harga Rp 61 ribu hingga Rp 63 ribu per kilogram (kg). Sementara batas maksimal dijual kepada konsumen akhir tidak boleh lebih dari Rp 80 ribu per kg. Sebelumnya, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengimbau masyarakat untuk tak perlu khawatir dalam mengonsumsi daging beku se bagai alternatif mahalnya harga daging segar. “Daging beku pada dasarnya lebih sehat, tidak ada hotel restoran yang di negara-negara maju yang memasak daging lokal. Daging beku itu bakterinya

sudah mati dulu, itu yang perlu kita tekankan,” ujar Enggar Enggar mengatakan, hingga kini banyak masyarakat yang enggan mengonsumsi daging beku, karena dianggap tidak higienis. Namun kata dia, anggapan tersebut sebenarnya tidak benar.”Lebih higienis juga dan kita akan menyiapkan menjual itu (daging beku),”kata dia. Meski begitu, apabila masyarakat tetap ingin mengonsumsi daging segar, pemerintah tentu akan menyiapkannya dengan harga terjangkau atau sebesar Rp80 ribu untuk daging lokal. “Kami tidak memaksakan daging importnya, tapi pada dasarnya rakyat harus diberikan pilihan, mau daging segar, tapi daging yang terjangkau Rp 80 ribu harus tersedia,” kata dia. (rep|swm)


10

Rabu 16 Mei 2018

BISNIS

Lion air BERANGKAT KE Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 211 JT 397 JT 207 JT 395 JT 303 JT 201 JT 387 JT 399 JT 383 JT 385 JT 203 JT 305 JT 205 JT 140 JT 295 JT 913 JT 960 JT 902 JT 196 JT 306 JT 396 JT 231 JT 131 JT 970 JT 957 JT 988 JT 932 JT 972 JT 977 JT 134 JT 132 JT 136

JAM 07.50 08.40 11.50 12.50 13.50 15.20 15.50 17.45 18.00 18.30 20.10 12.40 16.40 06.30 09.00 13.15 08.10 14.50 20.25 06.00 13.00 07.00 09.20 10.00 12.25 12.55 14.50 08.00 09.40 16.15

TIBA DARI Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 210 JT 380 JT 394 JT 302 JT 200 JT 204 JT 306 JT 398 JT 382 JT 202 JT 206 JT 396 JT 212 JT 141 JT 294 JT 911 JT 961 JT 912 JT 397 JT 197 JT 305 JT 130 JT 230 JT 956 JT 971 JT 973 JT 989 JT 974 JT 958 JT 135 JT 133 JT 137

JAM 07.20 08.20 10.20 11.10 12.10 13.10 14.10 14.40 15.10 17.20 18.30 19.45 21.50 15.30 19.30 12.35 19.10 22.15 07.05 11.05 17.40 12.20 19.25 10.50 12.15 16.00 17.10 18.30 19.50 10.20 12.00 18.40

Sriwijaya air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 020 SJ 102 IN 9035 SJ 021

06.05 09.40 08.50 11.30 12.15

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 016 SJ 013 IN 9034 SJ 020

08.10 16.35 11.00 10.45 11.30

Silk air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Singapura Singapura

MI 233 MI 237

08.40 20.05

Singapura Singapura

MI 234 MI 238

07.55 19.20

BERANGKAT KE Subang

Flight FY 3413

JAM 10.50

TIBA DARI Subang

Flight FY 3412

JAM 10.25

Flight 3K 281

JAM 09.05

Firely

Jetstar asia BERANGKAT KE Singapura

Flight 3K 282

JAM 09.45

TIBA DARI Singapura

Malaysia airlines BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 861 MH 865

09.05 15.5

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 860 MH 864

08.25 15.1

BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 8817 QG 831 QG 837 QG 833 QG 835 QG 143 QG 141 QG884 QG 882 QG 927

06.35 08.40 09.35 18.50 20.25 11.00 18.10 08.50 15.05 12.05

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 830 QG 836 QG 832 QG 834 QG 140 QG 142 QG 885 QG 883 QG 926

08.10 14.35 09.10 19.55 07.15 10.30 08.20 18.15 11.30

Citilink

Jadwal Sewaktu - waktu dapat berubah

Jurnal Asia | Ist KUNJUNGI PASAR. Edy Rahmayadi belanja di Pasar Labuhan Deli saat mengujungi pasar tersebut menjelang ramadhan.

Jelang Ramadhan

Edy Minta Harga Kebutuhan Pokok Stabil Medan | Jurnal Asia Calon Gubernur Sumut nomor urut 1 Edy Rahmayadi melakukan kunjungan ke Pasar Pagi Labuhan Deli, kemarin. Kunjungan ini dilakukan Edy guna mengetahui secara langsung harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan. Selain itu, dengan bersapa langsung dengan masyarakat, Edy semakin paham apa yang sangat dibutuhkan masyarakat di tingkatan menengah ke bawah. Karena menjadi kebiasaan jelang perayaan hari-hari besar harga kebutuhan pokok melonjak. Selain berbincang dengan pembeli, Edy juga menyempatkan berbelanja sejumlah kebutuhan pokok untuk mengetahui secara pasti harga di pasar tersebut. Selain daging ayam, kebutuhan pokok lainnya relatif harganya masih stabil. Tadi cabai merah seperempat Rp9 ribu. Kalau daging ayam potong yang sebelumnya Rp28 ribu perkilo tadi Rp38 ribu.” “Kita berharap pemerintah tetap menjaga kestabilan hargaharga ini agar tidak memeratkan masyarakat,” ujar Edy. Harapan agar kebutuhan pokok tetap stabil juga disampaikan Raina masyarakat Pekan Labuhan yang saat itu sedang berbelanja. Janda anak tiga ini menaruh harapan besar kepada Edy Rahmayadi mampu memperhatikan kesejahteraan masyarakat kecil seperti dirinya. “Insya Allah kalau pak Edy jadi Gubernur kami-kami masyarakat kecil ini bisa diangkat kesejahteraannya. Harga-harga kebutuhan pokok juga jangan sampai naiklah. Susah kita apalagi mau Ramadhan ini,” harapnya

Tidak hanya mendapat masukan dari para pedagang dan pembeli, dalam kunjungan tersebut mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat(Pangkostrad) yang akrab disapa Ayah Edy mendengar masukan dari para nelayan. Seperti yang disampaikan seorang nelayan bernama Ruslan yang mengharapkan kelak dibawah kepemimpinan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Eramas) kesejahteraan nelayan meningkat. “Harapan kami nelayan pak Edy dan pak Musa memiliki program kerja yang kelak dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya kami para nelayan,”harapnya. Mendengar harapan perwakilan nelayan, Edy Rahmayadi langsung menegaskan kalau persoalan petani dan nelayan menjadi salah satu prioritas kerja Eramas dalam mewujudkan Sumut Bermartabat. Mewujudkan Sumut Bermartabat salah satunya mengangkat kesejahteraan masyarakat termasuk petani dan nelayan. Dia mengaku prihatin, nelayan-nelayan jauh dari kata sejahtera. “Padahal kita tau satu hari saja nelayan tidak melaut, kita masyarakat ini sudah bingung tidak ada ikan. Ini yang harus kita pikirkan bagaimana nelayan mudah nyari ikan, memiliki penghasilan baik dan juga kenyamanan mereka bekerja terjamin,” papar Edy. Usai mengunjungi Pasar Pagi Labuhan Edy pun berjalan kaki menuju Masjid Raya Al Osmani Medan Labuhan untuk melaksanakan Sholat Duha di Masjid peninggalan Raja Deli Ketujuh Sultan Osman Perkasa Alam pada tahun 1854. (rel-swm)

Investasi SBR bisa Melalui Aplikasi Tanamduit Medan | Jurnal Asia Kementrian Keuangan Republik Indonesia memberikan kemudahan masyarakat membeli Surat Berharga Negara (SBN) seri SBR003 secara online melalui tanamduit yang dikelola PT Star Mercato Capitale mulai 14 Mei 2018. Tanamduit menjadi salah satu Mitra Distribusi penjualan SBN Ritel seri SBR003 ini. Kepala Seksi Evaluasi Pelaksanaan Transaksi Direktorat Surat Utang Negara, DJPPR Kemenkeu, Farouq Widya Pramana mengatakan, berinvestasi di SBN merupakan investasi yang paling aman karena potensi gagal bayar yang sangat kecil. Pembayaran bunga dan pokok SBN dijamin UU Surat Utang Negara Nomor 24 Tahun 2002 Pasal 8 Ayat 2. Dari sisi potensi, katanya, jika dilihat dari SBR002 pemesanan total investasi mencapai Rp3,9 triliun yang akan jatuh pada Mei 2018 ini dengan target awal Rp2 triliun dan itu melampaui target. Dengan kata lain, kemungkinan investor akan mengalihkannya ke SBR003 karena sudah jatuh tempo. “Dari sisi prosfek, pemerintah sangat optimis dapat mencapai target awal sebesar Rp1 triliun mengingat SBR003 diterbitkan melalui online. Selain itu dari sisi jumlah agen penjualan hanya 9 sedangkan di SBR003 sekitar 20 agen,” katanya di Medan. Sistem pembelian secara online ini, sambungnya, diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk berinvestasi di SBN Ritel

khususnya seri SBR003 dan akhirnya mewujudkan masyarakat yang punya kesadaran berinvestasi. Apalagi salah satu alokasi dana terbesar dari penerbitan SBN seri ini adalah untuk sektor pendidikan sehingga berinvestasi pada SBN secara tidak langsung juga membantu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Bisnis Development tanamduit Kautsar Rissalat menambahkan, kehadiran produk SBN Ritel ini mengakomodasi banyaknya keinginan konsumen yang ingin berinvestasi pada instrumen Surat Berharga Negara. Produk ini cocok untuk semua tipe proil risiko nasabah, terutama yang memiliki proil risiko konservatif. Dengan pembelian SBR online di tanamduit, lanjutnya, nasabah dapat melakukan registrasi dengan menyertakan data pendukung yang diminta. Nasabah perlu mendaftar untuk mendapatkan SID dan nomor rekening surat berharga dan setelah berhasil mendaftar, nasabah akan dikirimkan email berisi informasi mengenai SID dan nomor rekening surat berharga. “Pemesanan pembelian SBR ini sudah mulai bisa dilakukan di aplikasi tanamduit. Prosesnya mudah dan tidak ribet, sehingga bisa dilakukan oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun,” tandasnya. (netty-swm)


rabu 16 mei 2018

11

SAMBUNGAN Susun APBN 2019

Belanja Perjalanan Dinas Tak Bakal Ditambah Jakarta | Jurnal Asia Pemerintah mengaku sudah mulai menyusun kerangka Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. Kerangka APBN yang tengah disusun, mencakup asumsi makroekonomi serta pos belanja dan penerimaan. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa terdapat dua hal baru terkait kebijakan anggaran tahun depan. Pertama, pemerintah tak akan menaikkan anggaran belanja barang perkantoran dan perjalanan dinas di tahun depan. Kedua, pemerintah akan mengalokasikan anggaran lebih untuk mendorong pendidikan vokasi. “Selama satu hingga dua tahun ini kami sudah siapkan konsepnya. Jadi

tahun besok sudah bisa dianggarkan, ini kan kegiatan mendorong in­ vestasi,” terang Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (15/5). Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa hasil dari ketentuan fiskal ini akan dibawa ke tingkat legislatif dalam dua pekan mendatang. Menurutnya, hingga sejauh ini, tidak ada perubahan terkait asumsi makroekonomi yang ditetapkan pemerintah. Salah satunya, lanjut Sri Mulyani, pertumbuhan ekonomi masih tetap dipatok 5,4 persen hingga 5,8 persen tahun depan. “Tidak banyak berubah. Nanti kami akan sampaikan ke dewan dalam dua minggu ke depan,” jelas dia. (cnn/put)

Kamis ............................................................. “Dengan demikian, tanggal 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018. Itulah keseimpulan rapat sidang itsbat yang diikuti pimpinan ormas­ormas Islam dan MUI dan perwakilan dari negara­negara shabat,” ujar Menteri Lukman saat konferensi pers di gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5) malam. Lukman mengatakan, ketetapan ini didasarkan pada hasil perhitungan tim hisab ruqyat Kemenag dan laporan tim pemantau hilal yang telah dilakukan di 95 titik. Menurut dia, posisi hilal di seluruh Indonesia masih di bawah ufuk. Dari 32 pelaku ruqyatul hilal, tidak ada satu pun yang melihat hilal. Berdasarkan laporan itu maka bulan Sya’ban disempurnakan dengan cara istikmal menjadi 30 hari sehingga malam ini

ditetapkan tanggal 30 Sya’ban. “Mudah­mudahan keputusan ini memberikan berkah. Saya selaku pimpinan sidang itsbat menegaskan bahwa Ramadhan tahun ini jatuh pada Kamis,” ucapnya. Dengan hasil sidang itsbat ini, ormas NU, Muhammadiyah, Persis, serta ormas Islam lainnya akan menjalani ibadah puasa secara bersamaan pada Kamis (17/5) lusa. Umat Islam diimbau untuk mulai mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan suci ini. “Maka atas nama pemerintah menyampaikan kepada seluruh umat Islam selamat memasuki bulan Ramadhan. Mudah­ mudahan kualitas puasa kita tahun ini semakin meningkat, tidak hanya ibadah mahdhoh­nya, tapi juga ibadah sosialnya,” kata Lukman. (rol/put)

Terduga Teroris .............................................. Saat kedua terduga tersebut me­ nunggu saudaranya yang sedang berobat, tim yang diduga dari Poldasu ataupun Densus 88 lang­ sung melakukan penangkapan dan membawa terduga dengan meng­ gunakan mobil Avanza warna hitam. Dua orang terduga teroris ditembak mati oleh Densus 88, namun belum diketahui identitas keduanya. Hingga kini, sejumlah lokasi penangkapan masih dipasangi garis polisi (police line) dan perimeter. Hingga Selasa malam, Polda Sumut belum memberikan keterangan resmi terkait penangkapan ini. Dikonfirmasi melalui pesan Whats App, Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, penangkapan ini dilakukan Densus. “Konirmasi ke Mabes, bukan ke Polda. Densus kan perangkat Mabes, bukan perangkat Polda,” kata Nainggolan. Senada dengan Nainggolan, Kabid Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dirsan Atmaja juga belum bisa memberikan keterangan mendetail terkait penangkapan ini. “Kita juga masih menunggu info tersebut. Kita sama­sama menunggu info valid berita tersebut. Sabar ya, terima kasih atas kerjasamanya,” tukas Tatan. Versi Berbeda Sedangkan versi berbeda

dihimpun Jurnal yakni, Densus 88 mengamankan pelaku teror dari lingkungan IV Kelurahan Beting, Kuala Kapia, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai pada Selasa siang sekira pukul 15.00 WIB. Para tersangka yang diamankan itu kemudian dibawa ke RSU Dr Tengku Mansyur setelah terjadi baku tembak, dan seterusnya diboyong ke Medan untuk penyelidikan. Dalam peristiwa penangkapan para teroris itu, ditemukan seorang warga menjadi korban yakni kepala lingkungan IV, Atan, yang kini masih diopname di RSU setempat. Perawatan yang dilakukan ter­ hadap korban tersebut, dikarenakan sebelumnya sempat terjadi per­ lawanan dengan dua orang diduga teroris tinggal di sebuah rumah di daerahnya. Ketika mengetuk pintu rumah tersebut, korban langsung dibacok hingga mengenai kedua jari. Namun, sampai saat ini jumlah tersangka yang diduga terlibat teroris yang diamankan petugas masih simpang siur dan ada yang menyebutkan berjumlah sebanyak sembilan orang dan satu diantaranya tewas. Terlebih lagi seluruh petugas di lokasi kejadian enggan memberikan keterangan kepada wartawan. (ial/sad/put)

Medan Perhatikan Perajin UMKM Medan | Jurnal Asia Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH melakukan kunjungan ke beberapa pengrajin di wilayah Kota Medan, Senin (14/5). Selain membina dan memotivasi para pengrajin agar menjaga dan meningkatkan hasil kerajinannya, Kunjungan ini guna melihat persiapan para pengrajin untuk mengikuti Kegiatan Warna Warni Kerajinan Medan Expo 2018. Didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Ir. Emilia Lubis dan Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Ir. Purnama Dewi, MM, Ketua Dekranasda Kota Medan pertama mengunjungi pengrajin seni

lukis dari bubuk teh dan kopi. Ditempat tersebut, Rita Maharani yang juga Ketua TP PKK Kota Medan melihat langsung proses pembuatan lukisan dari bubuk teh dan kopi. Selanjutnya, Rita Maharani melakukan kunjungan ke Pengrajin UKM Batik, selain melihat proses pembatikan, Istri Wali Kota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S, M.Si juga memotivasi pengrajin Batik untuk menjaga kualitas hasil Batik. Hal ini dilakukan agar Batik di Medan yang saat ini sudah dikenal seluruh masyarakat tetap diminati. Kemudian Ketua Dekranasda Kota Medan bersama Rombongan melakukan kunjungan ke Pengrajin Sepatu dan

Tas Rajut serta Kerajinan souvernir dari Batu. Melihat hasil dari para pengrajin, Rita Maharani merasa bangga, karena Kota Medan memiliki potensi pengrajin yang handal. Artinya ini menjadi kebanggaan kota Medan karena banyak hasil kerajinan yang bagus dan dikenal. Dijelaskan Rita Maharani, Dekranasda Kota Medan melakukan kunjungan ini untuk memberi motivasi dan melihat persiapan para pengrajin untuk mengikuti Kegiatan Warna Warni Kerajinan Medan Expo 2018 yang akan digelar pada 29 Juni sampai 1 Juli 2018 dalam rangka Hari Jadi Kota Medan ke­428 Tahun. (put)

Impor Meroket, Rupiah Terancam Jakarta | Jurnal Asia Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memprediksi, meningkatnya nilai impor akan membuat permintaan dolar naik signiikan. Akibatnya, rupiah diprediksi terus melanjutkan pelemahan hingga Juni mendatang. “Tentunya ini tidak sehat bagi perekonomian,” ujar Bhima saat dihubungi pada Selasa, 15 Mei 2018. Badan Pusat Statistik atau BPS merilis neraca perdagangan pada April 2018 mengalami deisit US$ 1,63 miliar. Ekspor tercatat turun 7,19 menjadi US$ 14,47 miliar dari bulan sebelumnya, sementara impor naik sebesar 11,28 persen menjadi US$ 16,09 miliar dari Maret 2018. Deisit neraca perdagangan ini di luar ekspektasi, sebab pada bulan sebelumnya, neraca perdagangan tercatat membaik. Menurut Bhima, deisit perdagangan terutama disebabkan karena impor migas sepanjang Januari­April 2018 membengkak sebesar US$ 9 miliar

atau lebih tinggi US$ 700 juta dibanding periode yang sama tahun lalu. Impor migas juga tumbuh 40,8 persen secara tahunan akibat efek kenaikan harga minyak mentah. “Te­ kanan impor juga berasal dari impor barang konsumsi yang tumbuh 25,8% dibanding bulan Maret. Hal ini sesuai dengan faktor musim menjelang bulan Ramadan,” ujar Bhima. Sementara itu, ujarnya, kinerja ekspor non migas pada April 2018 juga anjlok cukup dalam yakni -6,8 persen (month to month). Ekspor minyak sawit atau CPO juga anjlok ­4,5 persen (mtm), serta besi baja anjlok ­31,5 persen. “Kinerja beberapa produk unggulan ekspor terutama CPO tersebut terhambat bea masuk dari India dan hambatan non tarif dari Eropa,” ujarnya. Kondisi tersebut, lanjut Bhima, akan mendorong rupiah semakin melemah hingga Lebaran pada Juni mendatang. Industri Sedang Tumbuh Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor April 2018 naik di

luar ekspektasi yakni sebesar USD16,09 miliar. Angka ini meningkat 34,6% bila dibandingkan tahun sebelumnya atau naik 11,28% dibandingkan bulan sebe­ lumnya. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai, kenaikan impor yang didorong peningkatan barang bahan baku naik 10,73%, menunjukkan sektor produksi sedang tumbuh. “Ini momentumnya itu luar biasa tinggi sekali. Ini menggambarkan bahwa kebutuhan industri atau kebutuhan aktivitas ekonomi dalam negeri sangat besar. Artinya, positif interpretasinya adalah ini menunjukkan bahwa sektor produksi sedang bergerak,” ujar dia saat ditemui di Hotel Shangri­La, Jakarta, Selasa (14/5). Bendahara Negara ini pun berharap dengan peningkatan impor bahan baku tersebut sektor industri dalam negeri terus mengalami perbaikan. Hal ini didorong berbagai kebijakan yang dapat meningkatkan investasi dan ekspor. (oz/put)

Kemenhub Siapkan .................................................................................. Selain penggunaan sepeda motor yang berkurang, dia mengatakan, angka kecelakaan yang menurun pada tahun lalu kemungkinan besar juga disebabkan oleh kepadatan di jalan raya. Dia menambahkan, pelaksanaan mudik gratis ini juga akan meng­ gandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memastikan tidak ada pengguna obat­obatan terlarang dalam penyelenggaraannya. “Ini kita siapkan dengan baik. Kita juga gandeng BNN. Untuk pengaruh obat­obat terlarang kita kerja sama dengan BNN.” Gunakan Kapal Roro Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis 2018. Untuk subsektor Perhubungan Darat, Kemenhub menyediakan sebanyak 1.135 unit bus dan tiga unit kapal roro. Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, pendaftaran untuk mudik menggunakan bus sudah dibuka sejak 20 hari yang lalu. Disebutkan, beberapa masyarakat yang tergabung dalam Perkumpulan Rantau Nusantara sudah ramai

menunggu, bahkan sebelum pembukaan pendaftaran “Sekitar seminggu yang lalu, untuk mudik gratis yang menggunakan bus sudah kami tutup karena memang kuota sudah terpenuhi,” kata Budi di kantornya, Selasa, 15 Mei 2018. Sebetulnya, lanjut dia, jumlah kuota bus baru terpenuhi sebesar 90­an persen. Namun, sisa kuota tersebut memang dialokasikan untuk memenuhi permintaan kuota dari TNI, Marinir dan masyarakat. “Kemudian juga ada permintaan dari teman­teman dari Bekasi ada satu perkumpulan masyarakat lagi yang meminta, jadi kita close,” katanya. Sementara itu, mudik gratis dengan sepeda motor menggunakan kapal Roro hingga saat ini masih sepi peminat. Dia mengatakan saat ini pendaftaran baru mencapai hampir sekitar 40 persen. Tiga Kapal Roro tersebut adalah jurusan Jakarta­Lampung, Jakarta­ Semarang dan Jakarta­Surabaya. “Biasanya setelah mudik gratis mobil bus ini selesai, biasanya mengarah ke sana (kapal Roro). Atau mungkin karena dari BUMN juga banyak mudik

gratis mungkin masih belum terpenuhi secara optimal,” katanya. Dia menambahkan, pihak Kemenhub masih membuka kesempatan pendaftaran dengan waktu satu bulan sebelum pemberangkatan kapal. Dia mengimbau bagi masyarakat, khususnya yang menggunakan sepeda motor, untuk bisa menggunakan alternatif mudik gratis ini. “Kapal roro di tahun 2018 ini untuk sepeda motor kita sediakan tiga ribu. Penumpang semuanya sekitar enam ribu. Sekarang baru terpenuhi sekitar 30 persen­an lah,” ujarnya. Ia berharap masyarakat Jawa Timur yang berada di Jakarta bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. “Harapan saya ke Surabaya kan juga bisa orang Madura. Di Monas ini kan banyak orang Madura yang jual­jual itu,” katanya. Dijelaskannya, mudik gratis juga dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal lain di Kemenhub seperti Ditjen Kereta Api dan Ditjen Perhubungan Laut sementara Ditjen Perhubungan Udara belum menyediakan fasilitas mudik gratis. (vv/put)


12

rabu 16 Mei 2018

SEREMONI Fasilitasi Kantin Sehat

Asian Agri Tekankan Pentingnya Makanan Sehat di Sekolah Jurnal Asia | Ist PREsEnTAsi. Ketua Yayasan SMK Nahanson Dr Chandra Situmeang SE MSM MPd Ak CA ketika mempresentasikan disertasinya di hadapan penguji pada Promosi Doktor di ruang IMT-GT Biro Rektor USU.

Raih Gelar Doktor

Ketua Yayasan SMK Nahanson Komit Kembangkan Pendidikan Medan | Jurnal Asia Dr Chandra Situmeang SE MSM, MPd, Ak, CA berhasil meraih gelar Doktor (S3) untuk program studi (prodi) Ilmu Akutansi. Ketua Yayasan SMK Nahanson ini resmi dikukuhkan gelar Doktor setelah menempuh ujian sidang terbuka (promosi Doktor) di ruang IMT-GT Biro Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) kemarin. Chandra mengambil judul desertasi “Studi Pengaruh Corporate Governance dan Earning Management Terhadap Cost Of Capital Melalui Information Asymmetry Setelah Implementasi International Financial Reporting Standard”. Desertasi itu berhasil dipertahankannya di hadapan penguji. Ketua Penguji (Promotor) dalam sidang itu adalah Prof Dr Azhar Maksum MEc Ac Ak CA dan Co-Promotor Prof Erlina SE MSi PhD, Ak CA CMA dan Dr Tavi Supriana MSi. Sedangkan Penguji Internal yaitu Prof Dr Ramli SE MS (dekan FEB USU), Dr Iskandar Muda SE MSi Ak CA dan Dr Rina Bukit MSi Ak CA serta Dr Murni Daulay MSi. Hadir juga penguji luar institusi yaitu Prof Dr Winwin Yadiati MSi, Ak (Guru Besar FEB Unpad Bandung). Sidang dihadiri Dewan Pembina Yayasan SMK Nahanson Sabungan Parapat SE, SH sekaligus mewakili Bupati Tapanuli Utara periode 2014-2019 Drs. Nikson Nababan MSi yang berhalangan hadir. “Perolehan gelar yang diraih Chandra Situmeang sebagai insan muda Tapanuli Utara merupakan pencapaian pendidikan yang tinggi pada usia masih cukup muda. Untuk itu Bupati berharap peran yang dijalankan selama ini sebagai Ketua yayasan agar ditingkatkan dan terus berkolaborasi dengan Pemkab Taput maupun Pemprov dan pemerintah pusat,” kata Sabungan menyampaikan pesan Bupati Taput itu. Menurut Sabungan, SMK Nahanson yang masih

berusia belia telah memiliki jumlah siswa banyak dan telah menghasilkan banyak prestasi merupakan bukti komitmen yayasan memajukan pendidikan di Taput Dalam disertasinya Chandra Situmeang menyebutkan kualitas informasi dalam laporan keuangan perlu ditingkatkan agar biaya dana yang ditanggung perusahaan dapat diperkecil sehingga akan meningkatkan daya saing. “Perlu penguatan lembaga independen yang menyusun analisis prospek bisnis perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara reguler,” kata Chandra. Sementara dalam kapasitasnya sebagai Ketua Yayasan SMK Nahanson yang berlokasi di Tarutung, Chandra menyatakan akan terus mendukung pemerintahan setempat untuk menghasilkan lulusan terampil yang siap kerja mendukung pembangunan Taput. Apalagi, yayasan ini telah memiliki 500 siswa SMK berasrama. “Yayasan St Nahanson Parapat akan berusaha meningkatkan peran dalam pendidikan misalnya dengan mendirikan Sekolah Menengah Atas, penguatan komunitas masyarakat dan bermitra dengan Pemda Taput,” kata Chandra. Pada kesempatan itu suami dari dr Vera LM Sitorus MKed ini menyatakan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam proses penyelesaian disertasinya. Serta tak lupa kepada keluarga, terutama anakanaknya, Maria dan Hizkia Situmeang yang selalu mendukung sehingga dapat menyelesaikan disertasi sebagai persyaratan gelar Doktor. Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH, MHum yang menghadiri promosi doktor itu menyatakan kebanggaan atas prestasi akademik cukup tinggi serta pemaparan penelitian yang disampaikan dengan sangat baik. (swisma)

Tebing Tinggi | Jurnal Asia Asian Agri melalui unit bisnisnya PT. Nusa Pusaka Kencana – Kebun Bahilang melakukan kegiatan Penyuluhan tentang Makanan Sehat dan Bergizi di SDN 165717 Kelurahan Tualang, Kecamatan Padang Hulu, Kodya Tebing Tinggi, Senin (14/5). Peserta kegiatan penyuluhan adalah para guru sekolah SDN 165717 dan pedagang yang berada di sekolah tersebut dengan jumlah peserta 20 orang. Dan sebagai narasumber pada penyuluhan tersebut adalah Pegawai Puskesmas Padang Hulu Ibu Barita br Siregar dan Risma br Purba. “Kegiatan tersebut merupakan salah satu Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. NPK–Asian Agri, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para guru dan pedagang makanan disekolah agar menjual makanan yang sehat dan bergizi,” kata Manager PT. NPK, Ronald H Hutapea. Ronald mengatakan, PT. NPK atau Kebun Bahilang pada tahun 2018 ini memiliki Program CSR salah satunya adalah Penyuluhan tentang Makanan Sehat dan Bergizi untuk SD 165717 di Kelurahan Tualang. Selain itu, perusahaan juga membantu membuatkan kantin sekolah agar pedagang ataupun anak–anak bisa memanfaatkannya dengan nyaman. Menurutnya, berbagai makanan yang dijajakan di sekolah harus dapat dijaga kebersihan dan nilai gizinya. Sebab jajanan inilah yang menjadi makanan sehari-hari siswa selama berada di sekolah. Karenanya perusahaan memandang perlu untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para guru dan pedagang makanan sekolah agar tetap menjaga kebersihan

dagangannya serta agar menjual makanan yang sehat dan bergizi. “Karena itu hari ini kita lakukan penyuluhan makan bergizi serta memfasilitasi kantin sekolah, sehingga lingkungan pedagang menjajakan dagangannya juga bersih. Dengan demikian diharapkan kesehatan para murid dapat terus terjaga,” ujar Ronald. Pada Penyuluhan tersebut, salah satu narasumber Barita br Siregar menyampaikan, kecerdasan anak sangat dipengaruhi oleh faktor asupan makanan mulai dari bayi, makanya disarankan kepada ibu– ibu untuk memberikan asi ekslusif, setelah itu harus makanan yang sehat mulai dari susu, ikan, daging, sayur, dan buah. Namun kesemuanya tersebut harus diolah secara sehat dan benar, agar makanan yang dikonsumsi oleh keluarga benar–benar sehat dan bergizi. Selain itu, di sekolah pedagang juga turut berperan menyehatkan anak–anak sekolah dengan menjual makanan yang sehat dan bergizi. Kepala Sekolah SDN 165717 Sarwono, SPd juga mengatakan, sangat berterima kasih kepada PT. NPK - Asian Agri yang menetapkan sekolah mereka sebagai salah satu binaan Asian Agri dan Tanoto Foundation, di mana sebulan lalu para guru telah mengikuti training tentang Managemen Berbasis Sekolah atau MBS yang dilakukan oleh Tanoto Foundation. “Setahun lalu saya mengusulkan kepada perusahaan agar membantu pembuatan kantin dengan memanfaatkan lahan yang sempit, dan alhamdulillah pada hari ini sudah direalisasikan oleh perusahaan, sekaligus dilakukan penyuluhan tentang makanan sehat,” katanya. (isvan-rel)

Jurnal Asia | Ist AsiAn Agri melalui unit bisnisnya PT NPK yang diwakili Ronald H Hutapea selaku Manager menyerahkan bantuan pembangunan teras kanton SDN 165717 yang diterima langsung Kepala Sekolah Sarwono.

Baju Impor China Banjiri RI Jakarta | Jurnal Asia Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan jelang Lebaran tahun ini ada peningkatan untuk sejumlah barang impor, terutama dari China. Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, jelang hari raya Idul Fitri biasanya ada kenaikan pada impor kelompok sandang. “Untuk pakaian jadi bukan rajutan dalam rangka menghadapi Lebaran memang ada kenaikan, itu setiap tahun terjadi,” kata Suhariyanto dalam konferensi pers di Gedung BPS, Jakarta, Selasa (15/5). Dia menjelaskan untuk impor tersebut naik 64,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Suhariyanto menyebutkan untuk nilainya April tahun ini tercatat sebesar US$

36,3 juta. “Kalau April tahun lalu 2017 itu untuk pakaian bukan rajutan nilainya hanya US$ 22 juta, tapi 2018 ini US$ 36,3 juta ada peningkatan sekitar US$ 14,2 juta,” ujarnya. Dari data BPS juga disebutkan impor ilamen buatan dari China tercatat sebesar US$ 320,82 juta pada April. Filamen buatan adalah jenis benang yang digunakan untuk membuat kain. Nilai impor RI pada April 2018 sebesar US$ 16,09 miliar. Angka ini menanjak 34,68% dibandingkan April 2017 sebesar US$ 11,95 miliar. Suhariyanto mengatakan jika dibandingkan bulan Maret 2018 kenaikan impor ini hanya 11,28%. (dc-van)


rabu 16 mei 2018

13

SEREMONI

Industri Syariah Perlu Lakukan Transformasi Digital

Jurnal Asia | Ist Rombongan Wisata Sambut Ramadhan yang diprakarsai Pembina Relawan Sahabat Djarot Sihar (SDS) Brilian Moktar sedang bersantai di lokasi wisata Pantai Karoma.

Sambut Ramadhan

Sahabat Djarot Sihar Lepas Rombongan Wisata Medan | Jurnal asia Pembina Relawan Sahabat Djarot Sihar (SDS), Brilian Moktar melepas rombongan yang mengikuti wisata dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, Minggu (13/5). Kegiatan ini digelar oleh SDS bersama Ranting IPK Medan Johor. Dalam kesempatan tersebut, hadir Ketua SDS, Darno Hartono yang diwakili Bendahara Hotben Napitupulu, Ketua IPK Ranting Desa Suka Maju Kecamatan Medan Johor, Syahrudin dan ratusan warga lainnya. Sebelum melepas para warga, mereka lebih dahulu berdoa agar selamat hingga pulang nantinya. Kepada wartawan, Brilian Moktar mengapresiasi apa yang telah dilakukan SDS dan IPK Medan Johor. “Saya salut sama IPK Medan Johor. Di tengah paradigma OKP itu negarif, mereka bisa melakukan hal ini. Apalagi bukan kali ini saja,” ucapnya. Menurutnya kegiatan ini menun­

jukkan rasa kebersamaan dan kekom­ pakan. Apalagi yang mengikuti kegiatan wisata tersebut berbagai ma cam kalangan dan agama. “Seharusnya Pak Djarot yang melepas kegiatan ini. Hanya saja karena beliau lagi di Blitar, ziarah ke Makam Bung Karno, makanya saya sampaikan salam dari beliau untuk para warga,” kata Politisi dari PDIP tersebut. Besar harapan SDS bahwa nantinya pada 27 Juni mendatang, sosok Djarot Saiful Hidayatlah yang memimpin Sumut dalam lima tahun mendatang. Menambahkannya, Hotben Na­ pitupulu, mengatakan tradisi wisata menyambut Ramadhan ini perlu dilestarikan. Kegiatan yang bisa mengumpul antar etnis untuk ber­ wisata ini merupakan modal untuk terus bersama dalam membangun provinsi ini. “Dari sini kita lihat bahwa kita harus damai. Ada berbagai kalangan dan etnis yang kumpul. Kita berharap semuanya

berjalan dengan aman dan warga tetap sehat dan selamat sampai pulang nantinya,” ucapnya. Ia juga mengingatkan agar para warga di tempat wisata dijaga dengan aman. Jangan sampai terjadi apa pun saat berwisata nantinya. Hal yang sama juga dikatakan Syahrudin, ada 22 bus dan warga dari 8 lingkungan yang mengikuti wisata menyambut Ramadhan ini. Lokasi wisata yang dipilih sendiri yakni wisata Pantai Karoma. “Ini tempat wisatanya lebih asri dan lebih bersih. Kita berharap warga dapat menikmatinya,” ucapnya. Salah seorang warga Desa Suka Tari Kecamatan Medan Johor, Desy mengungkapkan, ini program yang pro rakyat. “Ya bagus. Sekali­sekali calon pemimpin harus mengajak warganya berwisata,” ucapnya sambil berharap Djarot terpilih menjadi Gubernur Sumatera Utara pada periode mendatang. (isvan-rel)

Jakarta | Jurnal Asia Industri keuangan syariah didorong melakukan transformasi digital. Hal ini diharapkan menjadi solusi agar industri keuangan syariah bisa berkembang lebih pesat. Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Sunarso, mengatakan perkembangan keuangan syariah di Indonesia lambat. Sebab, pangsa pasar perbankan syariah hanya 5,78 persen dari total perbankan nasional. Total dana yang dihimpun perbankan nasional per Desember 2017 sekitar Rp 5.289 triliun, total dana perbankan syariah hanya Rp 341 triliun. Penyaluran kredit secara nasional sebesar Rp 4.782 triliun, sedangkan pembiayaan syariah hanya Rp 281 triliun. “Tidak berkembangnya islamic inance di Indonesia menurut saya pertama dari sisi regulasi. Terlalu banyak stakeholder yang meregulasi syariah melalui jalannya sendiri­ sendiri. Harusnya satu regulasi yang mencakup legal compliance dan maqosit compliance,” ujar Sunarso, Selasa (15/5). Kendala lainnya, fleksibilitas

modal, segmentasi yang disasar dan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, segmen keuangan syariah harus menyentuh masyarakat bawah, mikro, ritel, dan lain­lain karena mayoritas Muslim di kategori tersebut. Menurut Sunarso, pengembangan industri keuangan syariah tidak dapat hanya mengandalkan pertumbuhan yang bersifat organik, tetapi membutuhkan peran masyarakat, khususnya anak muda/mahasiswa, pemerintah dan dunia usaha yang lebih besar lagi. “Industri keuangan syariah nasional memiliki potensi yang begitu besar untuk terus tumbuh sehingga perannya semakin dirasakan dalam mendukung perekonomian Indonesia khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas,” imbuh Sunarso. Ketua Dewan Pembina DPW IAEI DKI Jakarta, Mustafa Edwin Nasution, mengatakan revolusi dari sisi pasokan akan menghadirkan perubahan di sisi bisnis. Hal itu yang harus disadari oleh industri Syariah agar bisa tetap berkembang. (rep-van)

KATA PERENUNGAN Life is easy enough for the shameless, the crow hero type of man, ofensive, swaggering, impudent and depraved. But it is hard for the man of conscience, always striving after purity, alert, reserved, pure of behavior and discerning : Hidup adalah sukar bagi orang yang tahu malu, yang senantiasa mencari kesucian, yang tidak malas, yang rendah hati, yang berpenghidupan bersih, yang arif.

MALA VAGGA XVIII : 245

說苦是因為他不能堪忍! 愈是不能堪忍的人,愈是痛苦。 Seseorang yang berkata dirinya menderita disebabkan karena dia tidak mampu menahan penderitaan dengan penuh kesabaran, semakin dia tidak mampu menahannya, akan semakin berat pula rasa menderitanya.

- Kata Perenungan Master Cheng Yen -

~ 摘錄自證嚴上人靜思語 ~


14

rabu 16 mei 2018

OTOMOTIF

Honda Kesulitan Jual Skutik SH150i Kemahalan Sejak pertama kali diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada April 2017, penjualan skutik premium SH150i di dalam negeri ternyata belum memuaskan. Lalu apa yang menjadi penyebab skutik premium dari Honda ini ‘kurang laku’ di Indonesia Berdasarkan data yang dirilis Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan skutik ini pada periode Juni hingga Desember 2017 hanya berhasil terjual 140 unit secara nasional. Data AISI menyebut, untuk periode JanuariApril 2018, skutik yang didatangkan utuh dari Vietnam ini bahkan belum terjual sama sekali. Hal itu ditanggapi Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya. Namun ia enggan menyebut secara detail alasan SH150i tidak terjual hingga bulan keempat tahun ini.

Kata dia, sejauh ini pabrikannya masih menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. “Terkait SH kita menyesuaikan dengan tren dan kebutuhan konsumen Indonesia,” katanya kepada VIVA, Selasa 16 Mei 2018. Status CBU tentu saja berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Sebab, SH150i dibanderol dengan harga cukup tinggi, yaitu Rp44,9 juta. “Konsumen masih bisa memesan (SH150i) ke diler resmi kami,” ujarnya. Dengan harga yang dibanderol cukup mahal itu target konsumen jelas tak sembarangan. Yang disasar adalah pencinta skutik premium bergaya Eropa klasik. Akan tetapi ia meyakini motor tersebut bisa menjangkau kebutuhan masyarakat di Indonesia. (vnc/hut)

Dilema Toyota Indonesia

‘Recall’ Berbeda dalam 8 Bulan PT Toyota-Astra Motor (TAM) dalam kondisi dilema. Di tengah menciptakan suasana berkendara yang aman dan nyaman, agen pemegang merek (APM) Jepang itu harus menghadapi recall atau penarikan mobil dari tangan konsumen yang terbagi dalam dua tahap. Recall Toyota Indonesia pertama dilakukan pada September 2017, di mana karena kesalahan inlator airbag. Ini berpotensi menjadi isu keselamatan, sama seperti penarikan yang dilakukan TAM pada awal Mei 2018 atas kasus sensor airbag. Toyota Indonesia seperti menghadapi bayang-bayang hitam. Maklum saja, dalam delapan bulan, pemilik logo tiga elips itu harus menarik sekitar 110 ribu unit di Indonesia. Sementara ini belum termasuk penurunan penjualan wholesales Avanza dalam dua bulan terakhir diduga munculnya pesaing baru di kelasnya. Sejak awal kemunculannya, Avanza menakhodai penjualan Toyota dalam negeri. Keresahan Toyota menghadapi

recall inlator airbag akhir tahun lalu saja belum selesai sepenuhnya. Sebab mereka menemukan fakta di lapangan bahwa sejumlah kendaraan sudah berganti pemilik, sehingga menyulitkan proses perbaikan. Lihat juga: Toyota Indonesia Kembali ‘Recall’, Jumlahnya 24.662 Unit Itu diketahui berdasarkan surat yang disebar oleh pihak Toyota yang ditujukan kepada konsumennya. Dalam surat dibuat pada 16 April 2018 yang ditandatangani Division Head Technical Service Division, manufaktur Jepang itu menyarankan konsumen pemilik Corolla Altis agar segera menyambangi bengkel Toyota terdekat baik itu untuk pemeriksaan atau mengganti inlator airbag. Padahal penarikan itu sendiri telah diumumkan pada September tahun lalu. “Karena cukup banyak kendaraannya yang sudah ganti pemilik. Sehingga undangannya kemungkinan tidak sampai,” kata Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto kepada CNNIndonesia.com, Selasa (15/5). Oleh sebab itu Ia menegaskan

bahwa undangan untuk konsumen yang mobilnya terdeteksi bermasalah diumumkan melalui media maupun website resmi Toyota Indonesia. Harapannya agar pengumuman recall sampai ke pemilik kendaraan. “Sehingga kendaraan mereka yang masuk dalam lis (potensi bermasalah) dapat segera diperbaiki,” tegas Henry. Sensor Airbag Memasuki Mei 2018, Toyota kembali mengumumkan penarikan pada sejumlah produknya karena ada masalah pada bagian sensor airbag. Recall kali ini melibatkan 24.662 unit. Pengumuman Special Service Campaign (SSC) tersebut diumumkan pada situs resmi https://www.toyota. astra.co.id/. Recall kali ini melibatkan Alphard, Corolla, new Fortuner, new Kijang Innova, dan new Hilux tahun produksi 7 Mei 2015 hingga 29 Januari 2016. “Ini memang informasi terbaru yang kami terima dari prinsipal. Setelah melakukan internal preparation dengan principal dan dealer seperti customer database maka kami menginformasikan bulan ini,” tutup Henry. (cnn/hut)

Produksi Suku Cadang Honda Spacy Dihentikan AStrA Honda Motor (AHM) mengumumkan telah menghentikan kegiatan produksi Honda Spacy per April 2018. Pengumuman ini sekaligus menjawab kabar yang beredar saat ini. Pihak AHM menjelaskan terpaksa menyetop produksi skutik dengan tagline ‘bagasi luas’ tersebut sebagai langkah eisiensi produk sekaligus menyesuaikan tren permintaan pasar skutik dalam negeri. Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya mengatakan jika pihaknya telah menjamin suku cadang Spacy akan tetap dipasok dalam 7 tahun ke depan. “Kita menyesuaikan dengan tren perkembangan kebutuhan konsumen sehingga Spacy tidak kami produksi, namun kami menjamin semua perawatan dan suku cadang sampai dengan 7 tahun ke depan,” kata Thomas kepada CNNIndonesia.com, Selasa (15/5). Menurut Thomas, AHM tidak menyediakan produk pengganti Spacy, untuk selanjutnya konsumen bisa memilih produk yang tersedia di dealer resmi AHM. “Untuk produk pengganti sementara ini tidak ada dan konsumen dapat memilih sesuai kebutuhan masing-masing seperti BeAT, Scoopy, Vario, Vario Techno dan PCX,” jelas Thomas. Diberitakan sebelumnya, Spacy tercatat hanya mampu menjual sebanyak 5.042 unit sepanjang 2017, atau turun dari satu tahun sebelumnya yaitu sebesar 6.170 unit. Sedangkan skutik Honda lainnya, seperti Beat eSP terjual hingga 1.461.085 unit selama 10 bulan pertama di 2017, Scoopy eSP mencapai 507.819 unit, Beat Street dengan 159.424 unit, Vario 110 FI eSP sebanyak 103.552 unit, dan Beat Pop eSP 27.713 unit. (cnn/hut)


RABU 16 MEI 2018

15

RAGAM

DPRD Gelar Paripurna Pengumuman Resmi Wafatnya Wakil Bupati Pakpak Bharat Pakpak Bharat | Jurnal Asia DPRD Pakpak Bharat menggelar Sidang Paripurna Pengumuman Pemberhentian Wakil Bupati Pakpak Bharat Ir H Maju Ilyas Padang, Senin (14/5). Paripurna digelar di Gedung Rapat Paripurna DPRD, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak. Secara resmi pimpinan rapat, Ketua DPRD Sonni P Berutu STh didampingi Wakil Ketua, Edison Manik SE, mengumumkan wafatnya Wakil Bupati Pakpak Bharat pada Februari yang lalu dan pemberhentian Wakil Bupati dari jabatannya. Hal ini sesuai ketentuan Undang-undang no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 79 ayat (1) yang menyatakan pemberhentian Kepala Daerah dan/ atau Wakil Kepala Daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Menteri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan penetapan pemberhentian. Sebelumnya dilakukan pembacaan memori Wakil Bupati, oleh Sekretaris

DPRD, Jalil Angkat SH yang merupakan sejarah kehidupan beliau, perjalananan karir sampai dengan meninggal dunia, di hadapan seluruh hadirin rapat paripurna termasuk keluarga almarhum yang diwakili istri, Ny Hj Idahliani br Sagala dan anak-anak beliau. Bupati dalam kesempatan ini menyatakan bahwa aturan ini harus dijalankan berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan. Tak lupa Bupati mengucapkan terima kasih kepada pihak DPRD atas perannya semenjak almarhum sakit sampai dengan wafatnya. “Kepada Ibu Hj Idahliani dan keluarga, saya juga menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggitingginya atas dukungan kepada almarhum sehingga dapat membangun Kabupaten Pakpak Bharat untuk mencapai kesejahteraan masyarakat”, ucapnya. Bupati berharap agar keluarga dapat menjalani hidup lebih tegar sepeninggal beliau. “Tetaplah jalin hubungan baik

dan silaturahmi, baik secara individu ataupun dengan Pemkab Pakpak Bharat, DPRD, dan terutama dengan

Balai Persemayaman ANGSAPURA | Jl. Waja No. 2-4, Medan | Telp. 7345503-7364202 Nama

5

TAN MING CU

6

Tutup Jenis Usia Kelamin

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Aksara No. 03 Medan

72

Pr

14 Mei

16 Mei

13.00

47

Lk

15 Mei

17 Mei

13.00

Jl. B. Hamid Km. 6 Komp. Manggis Indah Blok C No. 05

7

TAN LAI SENG

80

Lk

15 Mei

17 Mei

12.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Nikel No. 53 Medan

8

KWAN SIU KIAW

51

Pr

15 Mei

18 Mei

12.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Selam No. 24 B Medan

9

THAM TJHOI FUNG 67

Pr

13 Mei

16 Mei

12.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Punak Komp. Punak Indah No. 61 AL Medan

VIP A

GOEN TJHIN LOI

61

Lk

15 Mei

18 Mei

11.00

Dikebumikan Deli Tua

Jl. Logam No. 22 Medan

VIP C

TAN FUNG TI

71

Pr

13 Mei

16 Mei

12.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Gandhi No. 39 C Medan

YANG TJUNG YEN 91

Lk

14 Mei

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. AR Hakim Gg. Pacar No. 33 Medan

VIP D

BLOK 1, 2, 3, 4, 3A, VIP B, E, F, G, H, J, K, L KOSONG

Rumah Duka MEDAN MURNI | Jl. Williem Iskandar No. 321, Medan | Telp. 6621388 Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

Lk

12 Mei

16 Mei

10.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Lahat

Pr

14 Mei

16 Mei

08.00

Tutup Jenis Usia Kelamin

Blok

Nama

TULIP A

NG KIM HOK

69

TULIP B

LIM KIM SUI / ROSLIM

83

tetap diberikan kesehatan”, pungkas Bupati. (mbm/nas)

FOTO BERSAMA. Bupati Pakpak Bharat Dr Remigo Yolando Berutu MBA Min dan ASN jajaran Pakpak Bharat berfoto bersama keluarga almarhun yang diwakili Ny Hj Idahliani br Sagala dan anak-anaknya.

Info Duka Cita Kota Medan Blok

masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi ibu dan keluarga dan

Jl. Keadilan Lr. III Timur

TULIP C, D; LAVENDER A, B, C; JASMINE A, B, C, D; ANGGREK A, B, C KOSONG

Harga Iklan Untuk Berita Duka Cita, Turut Berduka Cita dan Ucapan Selamat (Hitam Putih):

Ukuran : 1 halaman Rp. 2.592.000 | 1/2 halaman Rp. 1.296.000 | 1/4 halaman Rp. 648.000 | 1/8 halaman Rp. 324.000 Informasi pemesanan iklan dan penawaran khusus selama masa promosi, silahkan hubungi Ichandra: 0811 6398 989

HKBP Keluarkan Pernyataan Sikap Terkait Terorisme Tarutung | Jurnal Asia Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing dalam keterangan pers yang diterima Jurnal Asia, Selasa (15/5) mengeluarkan pernyataan sikap terkait teror yang melanda Surabaya, Minggu (13/5), disusul dengan Senin (14/5). “Kita sungguh dikejutkan dan prihatin dengan berita kejadian ledakan bom di Surabaya tepatnya di beberapa gereja, Kompleks Rusunawa, dan Kantor Kepolisian,”katanya. Menurut Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing, kejadian ini tentunya benar – benar mencederai rasa kedamaian dan keamanan yang sama – sama dibangun oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia. Melalui berita, ada 3 gereja tempat lokasi ledakan bom di gereja, Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya, Gereja Kristen Indonesia di Jalan Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya di Jalan Arjuno. Selain itu juga, ledakan bom terjadi di Rusunawa kawasan Wonocolo Sidoarjo, dan bahkan kembali terjadi ledakan bom yang justru berlokasi di Markas Polrastabes Jalan Sikatan Surabaya. “Terorisme di Indonesia begitu nyata merusak dan berupaya mencabik – cabik sendi kehidupan yang damai dan harmonis dalam wujud realitas kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia,”katanya. Dalam kaitan itu, Ephorus HKBP dan atas nama seluruh warga jemaat dan pelayan HKBP menyerukan, pertama, menyatakan bela sungkawa yang sedalam – dalamnya bagi korban terorisme di beberapa gereja di Surabaya, terutama bagi keluarga korban yang telah meninggal dunia, baik korban luka ringan maupun luka berat. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan dan penghiburan bagi keluarga.

Kedua, mendukung penuh negara dengan seluruh komponen aparat keamanan negara (POLRI dan TNI) untuk menangani, memberantas, dan menyelesaikan masalah terorisme ini sampai ke akar – akarnya. Hal ini kami nyatakan dan serukan karena tindakan kekerasan, menebarkan kebencian dan ketakutan, serta menolak kepelbagaian di luar agama dan keyakinannya, sebagaimana yang dilakukan teroris tersebut, apapun alasan dan tujuannnya, itu tidak sesuai atau bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, maupun nilai – nilai kemanusian secara universal dan kehidupan berbangsa bernegara, oleh karena itu tindakan tersebut tidak dapat dibenarkan dan harus diberantas. Keempat, menghimbau masyarakat luas agar menghindari penyebaran atau memviralkan foto – foto maupun video bentuk-bentuk kekerasan yang diperbuat teroris. Sebab hal itu diyakini justru merupakan propaganda tindakan para teroris, sekaligus dapat menciptakan kepanikan/ketakutan publik. Kelima, menolak anggapan dan pandangan bahwa tindakan terorisme didasarkan pada paham agama maupun suku tertentu.Terorisme adalah musuh kita bersama. Oleh karena itu kami menghimbau agar semua elemen bangsa bersatu memberantas dan mengatasi tindakan dan prilaku teroris. Apabila ada terjadi tindakan radikalisme, terorisme, dan sejenisnya, alangkah baiknya agar segera laporkan kepada aparat keamanan. Keenam, menghimbau agar dalam kehidupan sehari – hari selalu mempromosikan perbuatan kedamaian, toleransi, dan keharmonisan dalam kehidupan terhadap semua pihak. Ketujuh, mengajak semua elemen bangsa untuk berdoa dan menggemakan perdamaian di seluruh pelosok negeri ini. (rel/nelson)


16

Rabu 16 MEI 2018

SUMBAGUT

Disdik Sergai Peringati Isra Miraj

Jurnal Asia | sugi

BERSENJATA LENGKAP. Personil Polres Sergai bersenjata lengkap saat melakukan pemeriksaan seluruh tamu yang memasuki Makopolres Sergai.

Polres Sergai Perketat Pengamanan Sergai | Jurnal Asia Pasca isiden teror bom yang dilakukan serangan teroris di Surabaya, Jawa Timur sehingga Mako Polres Serdang Bedagai dan jajaran Siaga Satu untuk memperketat keamanan. Hal ini dikatakan Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu melalui Waka Polres Kompol Edi B Sinaga saat melakukan pengamanan maupun pemeriksaan seluruh tamu di pintu masuk Mako Polres Sergai kepada wartawan, Senin (14/5) sore “Jadi sesuai Perintah Komandan kita sama-sama sudah kita ketahui tentang akhir-akhir ini, tentang adanya ancaman teror bom. Kita

Polres Serdang Bedagai meningkatan kewaspadaan maupun meningkatkan penjagaan di Mako baik Mako Polsek maupun di Makopolres Sergai seluruh tamu yang akan memasuki di Mapolres Sergai kita lakukan pemeriksaan baik menggunakan roda empat maupun roda dua,”ucap Waka Polres Sergai Edi B Sinaga. Kegiatan ini berlaku untuk Polres Serdang Bedagai untuk diberlakukan baik itu Makopolsek maupun Makopolres Sergai sendiri. Dia berharap, situasi saat di jajaran wilayah Polres Serdang Bedagai aman dan terkendali. “Belum ada laporan gangguan Mapolsek maupun Unit

Intel di lapangan masih aman dan terkendali,”tambahnya. Pengamanan ketat terus dilakukan sampai menunggu pencabutan dari Kapolri maupun Kapolda Sumut. “Untuk saat ini Siaga Satu,” pungkas Waka Polres Sergai Kompol Edi B Sinaga. Seperti diketahui hasil pantuan Jurnal Asia, di Makopolres Sergai. Setiap tamu yang memasuki di Makopolres Sergai dilakukan pemeriksaan seluruh bawaannya maupun seluruh badan untuk dilakukan pemeriksaan oleh Personil Polres Sergai dengan menggunakan senjata lengkap. (sugi/nas)

Pemkab Karo Tabur Bibit Ikan di Perairan Desa Susuk Kabanjahe | Jurnbal Asia Pemkab Karo menaabur 7.500 ekor bibit ikan nila di Perairan Umum Kabupaten Karo, khususnya di perairan Tambak Kuta Desa Susuk, Senin (14/5). Penaburan dilakukan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Wakil Bupati Karo Cory Br Sebayang, Kadis Perikanan Metehsa Purba, Kadis BPMD Abel Tarawai Tarigan, Kadis Pertanian Sarjana Purba SSTP MM, Kepala Bappeda Ir Naisb Sianturi Msi, Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Wijaya, Kabag Pemdes Eva Nagelia Br Sembiring. Terkelin mengatakan, Penaburan Benih Ikan (Restocking) di Perairan Tambak Kuta Desa Susuk Kecamatan Tiganderket adalah bagian dari tugas pemerintah daerah. “Saya mengucapkan terima kasih apreisasi pada kepala desa Susuk, tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Susuk yang telah merawat dan menjaga air tambak Kuta Susuk ini, dimana perairan Desa Susuk ini berfungsi sebagai wadah penampungan air selain fungsi tersebut perairan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai irigasi untuk pertanian dan budidaya perikanan,”kata Bupati Karo. Menurut Bupati, kegiatan restocking Benih ikan ini bertujuan untuk menambah populasi dan Keanekaragaman jenis ikan, mencegah terjadinya kepunahan ikan di perairan Kabupaten Karo, khususnya perairan Tambak Kuta Desa Susuk.

“Dengan bertambahnya populasi ikan pada perairan ini, pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan oleh masyarakat desa untuk memenuhi gizi dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. Sementara Kadis Perikanan Metehsa Purba menghimbau agar seluruh masyarakat desa Susuk supaya merawat dan menjaga sumber daya ikan di perairan Tambak Susuk, dengan tidak menangkap ikan dengan cara-cara tidak dibenarkan karena ikan Nila yang baru saja ditabur sebanyak 7.500 ekor ikan adalah pembiayaan anggraan dari APBD Karo, dengan

sejumlah 8 titik termasuk salah satu Desa Susuk. “Sungguh disayangkan jika masih ada masyarakat nanti ada mempergunakan cara memakai racun, menggunakan bom dan setrum,”tegasnya. Di akhir penaburan perwakilan masyarakat Desa susuk Kasir Sembiring (50) meminta agar Bupati agar memperhatikan, seng rumah banyak yang bocor, akibat abu Gunung Sinabung. Menjawab keluhan itu Bupati Karo melalui kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi mengatakan, itu ada mekanisme. “Silahkan data dan buatkan surat kepada Pemkab Karo diketahui Camat, agar kita proses,”sebut Nasib Sianturi. (herman harahap/nas)

Jurnal Asia | herman harahap

TABUR BENIH IKAN. Acara tabur benih ikan di hadiri Camat Danramil-05/Payung Kapten Inf E.Perangin Angin, Kades desa Susuk Abadi Bangun, Sekdes Desa Susuk Yesi Br Sitepu serta masyarakat Desa Susuk.

Sergai | Jurnal Asia Keluar Besar Seluruh Jajaran D i na s P e nd i d i k a n K a b u p a t e n Serdang Bedagai memperingati Isra Miraj 1439 H sekaligus menyambut Bulan Suci Ramadhan di Aula Dinas Pendidinan, Kecamatan Seirampah, Senin (14/5). Turut hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabub Sergai Darma Wijaya, Kepala Disdik Sergai Drs Jhoni Walker Manik MM beserta jajaranya Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Dewan Pendisikan Sergai, Ustad Sulaiman (Sule) dan pejabat lainnya. Kepala Dinas Pendidikan Sergai Drs Jhoni Walker Manik MM dalam menyampaikan kata sambutan mengatakan Isra Miraj momentum membersihkan diri untuk menyambut bulan Ramadan serta saling menghormati dalam

beragama dan beribadah. Sementara Bupati Sergai Ir H.Soekirman mengingatkan Isra Miraj adalah mandatori umat muslim untuk mendirikan sholat lima waktu. “Dengan meneladani Isra Miraj umat Islam di muka bumi ini akan dengan mudah dalam mengatasi masalah-masalah yang tengah dihadapinya,”katanya. Dalam Tausiah Ustad Sulaiman juga mengatakan bahwa dalam hidup ini tidak ada alasan utuk tidak beribadah kepada Allah SWT terkhusus shalat lima waktu, sebab ibadah itu telah diwajibkan bagi kamu umat Islam. “Dengan shalat kita akan lebih bersemangat dalam berfikir, beraktifitas dan bekerja serta bersyukur dengan segala yang telah diberikan Allah SWT kepada kita,”pungkas Ustad Sulaiman. (sugi/nas)

RSUD Labuhanbatu Terima Layanan Jampersal Rantauprapat | Jurnal Asia Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang penerimaan pelayanan rujukan pasien Jampersal (Jaminan Persalinan) antara kedua belah pihak. Penandatangan tersebut dilakukan pada hari Senin (14/5) bertempat di RSUD Rantauprapat yang disaksikan Sekdakab Labuhanbatu, Ahmad Muflih dan Sekdakab Rokan Hilir, Feri H Pariya. MoU yang ditandatangi Kepala RSUD Rantauprapat dr Syafril RM Harahap SPB dengan Kepala Dinas

Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir Ns Dahniar SKep MKes ini, untuk memudahkan masyarakat masingmasing kabupaten mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit terdekat. “Kerjasama ini bertujuan untuk kepentingan masyarakat masing masing kabupaten dalam pelayanan kesehatan, “ ujar Ahmad Mulih, Senin (14/5). Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan ke depan seluruh pasien Jampersal yang dirujuk dari Rokan Hilir ke RSUD Rantauprapat akan dijamin pelayanannya dengan pelayanan medis yang terbaik, mulai dari penerimaan hingga pemulangan pasien, sebut Ahmad Mulih. (robet/nas)

Kapolres Solok Ajak Masyarakat Hadapi Ancaman Teroris Solok | Jurnal Asia Masyarakat Kota Solok beramai-ramai menandatangani spanduk ungkapan duka cita atas meninggalnya enam anggota kepolisian Republik Indonesia, pada peristiwa naas yang terjadi di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, baru-baru ini. Dalam merespon moral masyarakat dalam menghadapi aksi teroris, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa negara dan rakyat Indonesia tidak pernah takut dengan aksi terorisme, Sabtu dan Minggu tanggal 12-13 Mei 2018, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan SIK MH, bersama jajarannya terjun langsung mensupport masyarakat Kota Solok untuk bersama-sama menghadapi ancaman teroris. “Kita tidak takut dengan aksi teroris dan kita tidak akan pernah menerima keberadaan teroris khususnya di Kota Solok”, ujar AKBP Dony. Kapolres Solok Kota itu, juga meminta doa warga masyarakat Kota

Solok, setelah membubuhkan tanda tangan pada spanduk ucapan duka, dan menyempatkan berdoa untuk mereka yang telah gugur sebagai kusuma bangsa. Pada malamnya hari Sabtu (12/5) pukul 22.00 WIB di Taman Syech Kukut Kota Solok, masyarakat datang beramai-ramai membubuhkan tanda tangannya pada spanduk “ikut berduka atas gugurnya anggota Polri dalam aksi teroris di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua”. Esok paginya Minggu (13/5) pukul 07.00 wib, di Taman Kota Solok, pada acara Jalan Sehat Bulan Bhakti Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kota Solok tahun 2018 dan acara Sinergitas TNIPOLRI dan Pemkot Kota Solok Bhakti Sosial dalam rangka menyambut bulan puasa Ramadhan 1439 H, bulan penuh Berkah di Makodim 0309 Solok, masyarakat peserta kegiatan jalan sehat bulan bhakti dan kegiatan bhakti sosial menyempatkan membubuhkan tanda tangannya pada spanduk Ikut berduka tersebut, sekaligus berdoa. (yose/eli)


Rabu 16 MEI 2018

17

SUMBAGUT

Bupati Soekirman Buka Pembinaan Amil Zakat

Jurnal Asia | menanti ginting

SAMBUTAN. Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH saat memberi sambutan pada sosialisasi aplikasi e-Pilling LHKPN KPK RI

KPK Terapkan Aplikasi e-Filling LHKPN Langkat | Jurnal Asia Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH secara resmi membuka acara sosialisasi penggunaan aplikasi e-filling Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) tahun 2017 dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (14/5). Sebagai narasumber pada sosialisasi ini, Spesialis Pendaftaran dan pemeriksaan LHKPN KPK RI Diaz Adiasma dan Luvita Buana Putri serta Staf Direktorat Pendaftaran Pemeriksaan (PP) LHKPM KPK RI Ahmad Fauzi. Ngogesa pada arahannya, berharap melalui sosialisasi ini, para pejabat penyelenggara negara khususnya di lingkungan Pemkab Langkat dapat memahami aplikasi e-Filling LHKPN dengan baik. Sebab, dijelaskannya, sosialisasi ini dilakukan sesuai dengan peraturan KPK RI no: 07 tahun 2016 tentang tata cara pendaftaran, pengumuman dan pemeriksaan harta kekayaan penyelenggara negara. Sebagai mana telah ditindaklanjuti

dengan terbitnya peraturan Bupati Langkat no: 36 tahun 2017 tentang tata cara pelaporan harta kekayaan penyelenggara negara di lingkungan Pemkab.Langkat.”Berdasarkan hal tersebut, maka pejabat negara wajib menyampaikan LHKPN kepada KPK RI, secara online melalui aplikasi e-Filling LHKPN,”sampainya. Perlu diketahui, sambung Bupati, para peserta yakni pejabat di lingkungan Pemkab Langkat, harus memiliki kepatuhan pada aturan dan kesadaran moral sebagai pemimpin yang mempunyai tanggung jawab dalam LHKPN dengan sejujurnya, tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pasalnya,jika penyelenggara negara tidak memenuhi kewajiban pelaporan LHKPN, maka sesuai peraturan KPK no: 07 tahun 2016 , KPK dapat memberikan rekomendasi kepada atasan langsung ataupun pimpinan lembaga tempat penyelenggara negara berdinas. “Untuk memberikan sanksi administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelasnya. Selanjutnya dijelaskan Staf

Direktorat Pendaftaran Pemeriksaan (PP) LHKPM KPK RI Ahmad Fauzi dengan didampingiSpesialis Pendaftaran dan pemeriksaan LHKPN KPK RI Diaz Adiasma dan Luvita Buana Putri. Bahwa kegiatan ini untuk melaksanakan kegiatan pengumpulan data dan informasi, pelaksanaan lapangan dan prosedur pemeriksaan lainnya terhadap LHKPN di provinsi Sumut. “Diharapkan kepada para penyelenggara negara agar dapat saling berinteraksi dan saling memberi informasi demi kelancaran pengisian laporan harta kekayaan secara online,”ujarnya. Sebab penerapan pelaporan LHKPN berbasis elektronik ini secara baik dan benar, akan memudahkan para penyelenggara negara dari sisi waktu untuk melaporkan harta dan asetnya. Sosialisasi dihadiri oleh Sekdakab. Langkat dr.H.Indra Salahudin MKes. MM, Inspektur Langkat, Sekretaris DPRD Langkat, para kepala SKPD Pemkab.Langkat, Para Camat Se Kabupaten Langkat, para fungsional auditor Pemda serta para peserta sosialisasi. (menanti ginting/nas)

Pakpak Bharat Gandeng BPO Danau Toba Kembangkan Pariwisata Pakpak Bharat | Jurnal Asia Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) berupaya terus menerus menunjukkan daya tarik Wisata di kawasan Danau Toba, termasuk Kabupaten Pakpak Bharat. Keindahan Objek wisata Kabupaten Pakpak Bharat mulai dilirik oleh Badan Otorita Danau Toba untuk mengembangkan wisata di Pakpak Bharat. Pelaksana tugas Kadiv Pemasaran Pariwisata Mancanegara BPODT Wahyu Dito Galih Indharto mengunjungi Pakpak Bharat untuk melihat secara langsung perkembangan pariwisata di Pakpak Bharat yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Drs Bambang Sunarjo Banurea, kemarin. Kepala Dinas Pariwisata menyambut baik kunjungan Divisi Pemasaran

Pariwisata Mancanegara BPODT, dan berharap dapat membantu Pakpak Bharat dalam mempromosikan Pariwisata ke Nusantara dan Mancanegara. Lebih lanjut Kadis Pariwisata Pakpak Bharat memaparkan sekilas gambaran umun tentang Pakpak Bharat dan Program Pemerintah Daerah tentang Pariwisata dimana Bupati Pakpak Bharat Dr Remigo Yolando Berutu MBA telah mengatakan akan tetap berkomitmen untuk membenahi objek wisata di Pakpak Bharat yang di kelola secara profesional. Lebih lanjut Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara BPODT, mengatakan Pakpak Bharat memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan ini menjadi modal besar untuk pengembangan pariwisata. Dengan adanya destinasi berbasis alam

salah satu bentuk Pariwisata yang bisa dikembangkan di Pakpak Bharat adalah pengembangan wisata berupa wisata tematik menuju air terjun dan susur sungai yang memang banyak terdapat di Pakpak Bharat. Harapan Wahyu Dito Galih Indharto kepada Dinas Pariwisata Pakpak Bharat mengemas aktivitas ini sebagai sebuah bentuk kegiatan kepariwisataan, tentunya bekerja sama dengan industri Kepariwisataan. Di akhir pertemuan tersebut Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara BPODT mengatakan Kementrian Pariwisata melalui Badan Pelaksana Otorita Danau Toba siap bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pakpak Bharat untuk mengembangkan kepawisataan di Pakpak Bharat. (mbm/nas)

Sergai | Jurnal Asia Bupati Kabupaten Sergai Ir H Soekirman resmi membuka Pembinaan Amil Zakat se Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2018, tepatnya di Aulah Sultan Serdang, Senin (14/5) Dalam pembukaan tersebut turut hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman, Ketua DPRD H Syahlan Siregar ST, Wabup Darma Wijaya, Wakapolres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga, Ketua MUI H Lukman Yahya, Ketua BAZNAS Drs H Hasful Huznain SH, Kabag Kesra Sudarno SSos, perwakilan OPD, Pengurus MUI dan BAZNAS Kecamatan se-Sergai serta para undangan. Ketua Panitia H Ibrahim Khalil SPdi dalam menyampaikan laporan mengatakan bahwa Kegiatan yang dilaksanakan oleh MUI bekerjasama dengan BAZNAS Kabupaten Sergai ini Kegiatan ini diikuti oleh 130 orang peserta yang terdiri dari unsur pengurus MUI dan BAZNAS Kabupaten/Kecamatan se-Sergai. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan ilmu kepada pengurus BAZNAS mengingat potensi zakat kita sangat besar, agar dapat digali dengan maksimal untuk dimanfaatkan dengan baik. “BAZNAS dan MUI berkomitmen untuk membantu anak usia sekolah terutama yang yatim, piatu maupun dari keluarga tidak mampu agar tidak mengalami putus sekolah. Hal ini tentunya butuh bantuan dan dukungan dari pemerintah daerah,” ujar Ketua Panitia Ibrahim Khalil. Ketua MUI H Lukman Yahya dalam sambutannya menyampaikan, selama

ini zakat tidak berjalan dengan baik karena faham-faham dari luar yang mengakibatkan pemahaman zakat itu tidak wajib. “Banyak masyarakat yang tidak mengetahui apa dan kapan harta yang dimiliki harus dikeluarkan zakatnya. Karena itu kita adakan bimbingan dan pelatihan,”ujarnya. Ketua DPRD H Syahlan Siregar juga menyampaikan, DPRD Sergai menyambut baik kegiatan ini dan siap bekerjasama terutama yang berkaitan dengan program sosial kemasyarakatan. “Saat ini para petugas Amil zakat diamanahkan agar zakat ini dapat terealisasi dengan baik di tengah-tengah masyarakat yang berhak mendapatkannya,”terangnya. Sementara itu Bupati Sergai Ir H Soekirman menyambut gembira atas prakarsa MUI dan BAZNAS untuk acara tersebut dan agar terus ditingkatkan. “Saya merasa berkepentingan untuk ikut serta mengurangi angka kemiskinan karena para kaum dhuafa tersebut menjadi tanggung jawab semua masyarakat daerah tersebut termasuk pemimpinnya. Untuk itu kita semua harus meningkatkan kesadaran untuk saling peduli sesama agar tidak ada lagi kaum dhuafa yang ada disekitar kita dengan mengeluarkan zakat sesuai dengan ketentuan yang ada,”pungkasnya. Dalam Kegiatan tersebut juga diisi dengan paparan oleh narasumber serta penyerahan bantuan pinjaman modal usaha bergulir untuk bidang usaha Takjil Ramadhan secara simbolis kepada 60 UMKM Binaan BAZNAS Kabupaten Sergai. (sugi/nas)

Masyarakat Jangan Terprovokasi Dampak Teror Bom Binjai | Jurnal Asia Masyarakat Binjai diimbau untuk tidak mudah terprovokasi terhadap isu yang sedang berkembang terkait kejadian bom di gereja Surabaya, serta penyerangan Mako Brimob di Depok beberapa waktu lalu. “Peristiwa yang terjadi tersebut tidak ada kaitannya dengan agama, ini adalah tindakan dari orang yang tidak bertanggung jawab. Seluruh pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sangat mengutuk keras kejadian itu, karena merupakan tindakan yang sangat kejam,” tegas Ketua FKUB Kota Binjai, H Ahmad Nasir, saat menggelar rapat rutin FKUB di Aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Binjai, Senin (14/5). Ahmad Nasir mengungkapkan, pertemuan yang digelar merupakan rapat rutin FKUB, dirinya mengutarakan hubungan silaturahmi antara seluruh tokoh agama, etnis, masyarakat dan pemuda di Kota Binjai terjalin dengan baik, meskipun begitu sikap waspada harus tetap dilakukan. “Alhamdulillah Kota Binjai sangat kondusif, semoga keadaan ini dapat terus kita pertahankan,” harapnya. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Binjai, Nasrullah Effendi mengatakan, secara umum kehidupan umat beragama di Kota Binjai dalam keadaan yang tenteram dan damai, semangat kebersamaan ini harus terus kita jaga.

“Semua agama mengecam tindak kekerasan dalam bentuk apapun, kita berharap seluruh pemangku kepentingan di Binjai dapat terus membangun komunikasi melalui dialog lintas agama agar keselarasan dapat terus terjaga,” pinta Nasrullah. Penasehat FKUB yang juga Kakankemenag Kota Binjai, H Abdul Manan, mengatakan melihat kondisi yang terjadi saat ini sangat dibutuhkan kewaspadaan dari semua pihak, baik TNI /Polri, dan seluruh masyarakat, agar tercipta keadaan yang kondusif. Tahun 2018 sampai 2019 merupakan tahun politik, maka sangat dibutuhkan kewaspadaan kita semua. “Tokoh agama harus mampu mendeteksi kejadian sekecil apapun, jika terjadi gesekan di masyarakat harus disampaikan, agar bisa dicari solusinya bersama,” jelas Kakankemenag. Kasat Binmas Polres Binjai, AKP Eva Sinuhaji, mengatakan sangat terbantu dengan kehadiran FKUB, dan tokoh masyarakat di Binjai. Dikesempatan itu, Eva mengajak seluruh tokoh agama, masyarakat, etnis, dan seluruh pemangku kepentingan agar mampu menyampaikan pesanpesan yang baik kepada seluruh anggotanya dan masyarakat, agar tidak terprovokasi terhadap isu yang belum pasti kebenarannya. “Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada, jangan terprovokasi dengan berita hoaks,” imbaunya. (sri masanah/nas)


18

Rabu 16 MEI 2018

SUMBAGUT

PKS Kebun Ajamu Labuhanbatu Jual CPO ke Swasta

Jurnal Asia | sugi

PAPARAN. Kapolres Sergai, AKBP Juliarman Eka Pasaribu didampingi Waka Polres, Kompol Edi B Sinaga, Kasat Reskrim, AKP A Alexander dan Kapolsek Dolok Masihul AKP Cahyandi saat Pemaparan Pelaku Upal Press Release Di Makopolres Sergai.

Waspada Aksi Pengedar Uang Palsu Sergai | Jurnal Asia Pengedar uang palsu (Upal) inisial M (23) warga Dusun V Prumnas, Desa Kota Tengah, Kecamatan Dolok Masihul, Sergai, Jumat (11/5) sekitar Pukul 20:30 WIB ditangkap Mapolsek Dolok Masihul Polres Sergai saat melakukan dengan modus berbelanja di salah satu Pajak Pekan Dolok, Desa Dolok Manampang, Kecamatan Dolok Masihul, Sergai. Hal ini disampaikan Kapolres Sergai, AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu didampingi Waka Polres, Kompol Edi B Sinaga, Kasat Reskrim, AKP A Alexander dan Kapolsek Dolok Masihul, AKP Cahyandi, Senin (14/5) sekitar pukul 01:00 WIB. Saat Press Release di Makopolres Sergai . Dari tangan tersangka Petugas berhasil mengamankan Barang -bukti 54 lembar Uang Palsu pecahan 100 ribu/rupiah dengan Nomor Seri. SPT007278, kemudian 24 lembar uang palsu pecahan 100 ribu/rupiah dengan No.Seri. NPB998430. 12 lembar pecahan uang palsu 50 ribu/rupiah dengan No.Seri.TTR815189 dan 10 lembar pecahan uang palsu 50 ribu/

rupiah dengan No.Seri. HPC 00145. Selain mengamankan barang bukti, Polres Sergai mengamankan barangbukti 1 buah dompet warna Coklat, 1 buah jilbab warna Merah Jambu, 1 buah celana panjang, 1 buah celana anak-anak dan 1 unit handphoe merek Nokia. Juliarman menerangkan, kejadian berawal saat tersangka membawa dua lembar pecahan uang palsu sebesar 50 ribu dengan uang itu tersangka membeli satu lembar kain warna merah terhadap pedagang di Pajak Desa Dolok Menampang yakni Siti Mardiana alias Siti (28) dengan harga 20 ribu, kemudian korban membalikan sisa uang sebesar Rp30 ribu pada tersangka. “Karena merasa curiga dengan adanya uang palsu korban melaporkan hal ini kepada temannya sebagai pedagang yakni Ahmad Yasir (37) dan menerangkan bahwa uang tersebut uang palsu. Korban melaporkan hal ini ke Polsek Dolok Masihul dan langsung mengamankan tersangka yang tak jauh dari lokasi,”ucapnya. Kapolres Sergai Juliarman EP

Pasaribu mengatakan, tersangka mengaku mengedarkan uang palsu dengan imbalan sebesar Rp 5 juta, setiap bisa mengedarkan sebanyak Rp10 juta tersangka diberi imbalan sebesar Rp 5 juta dari temannya warga Medan dan pelaku saat transaksi belanja seolah-olah beli barang dengan menggunakan uang palsu. “Dari pengakuan tersangka masih mengedarkan uang palsu di wilayah Kecamatan Dolok Masihul, Sergai. Sedangkan untuk mengenai tersangka lainnya maupun mengenai percetakan uang palsu, kita masih melakukan penyelidikan dan pengembangan,”tegasnya. Kapolres menghimbau atas kejadian ini, kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan transaksi uang tunai. “Perhatikan keaslian dari pada uang yang dipakai dan dilihat secara jelas, diraba dan diterawang seperti dianjurkan oleh Bank Indonesia. Dan harus sesuai tahap Stantad Sesuai Bank Indonesia, apabila tidak segera laporkan ke Pihak Kepolisian,” tegas Kapolres. (sugi/nas)

Rantauprapat |Jurnal Asia Sebanyak 1.300 ton Crude Palm Oil (CPO) PTPN IV dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Kebun Ajamu Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu di duga dijual kepada salah satu perusahaan swasta di Medan. Penjualan CPO tersebut ke perusahaan yang disebutsebut PT B di Medan, karena mutu CPO yang diproduksi PKS PTPN IV Kebun Ajamu diduga dibawah standar yang telah ditentukan. Dari informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, biasanya CPO hasil pengolahan dari PKS Ajamu itu dikirim ke Belawan menggunakan angkutan kereta api dari Rantauprapat. Namun, pada tanggal 19 Maret 2018 lalu, sebanyak 1.300 ton CPO dari PKS tersebut diangkut dengan truk tangki langsung menuju PT B di Medan. Penjualan ke PT B tersebut, sebut sumber itu lagi, dikarenakan CPO yang dihasilkan PKS PTPN IV mengandung Asam Lemak Bebas (ALB) yang sangat tinggi, sehingga mutunya jelek. “Biasanya CPO diangkut memakai truk tangki ke Rantauprapat dan selanjutnya dibawa pakai kereta api ke Belawan,” sebut sumber tersebut. Kepala Dinas Teknik PKS Kebun

Ajamu, Irvan Purba saat dikonirmasi, Selasa (15/5), membenarkan penjualan 1300 ton CPO dari PKS itu ke salah satu PT swasta di Medan. Menurutnya, penjualan CPO ke tempat yang tidak lazim itu merupakan kontrak dengan kantor pusat PTPN IV. “Itu urusan kantor pusat. Karena kontraknya dengan kantor pusat. Jadi yang mengatur penjualannya kantor pusat,” katanya. Saat ditanyakan, jika memang sudah ada ikatan kontrak dengan kantor pusat, lantas sudah berapa kali PKS Ajamu menjual CPO ke PT B, Irvan Purba mengaku penjualan CPO ke perusahaan swasta tersebut baru terjadi sekali itu saja. “Baru itu saja menjual ke PT B,” akunya. Irvan Purba membantah bahwa penjualan CPO ke perusahaan swasta itu dkarenakan kualitas CPO yang jelek. “Kalau memang mutunya jelek, nggak mungkin CPO nya laku,”ujarnya. Terkait adanya selisih harga, Irvan Purba mengaku tidak mengetahui ada atau tidaknya selisih harga penjualan antara penjualan CPO ke Belawan dengan penjualan ke PT B. “Soal harga kurang tahu. Karena itu urusan pusat,” ucapnya. (robet/nas)

Prestasi P3A dan GP3A Kabupaten Solok Meningkat Aro Suka |Jurnal Asia Kemajuan P3A dan GP3A Kabupaten Solok di tingkat nasional setiap tahun terus meningkat,hal ini bisa di lihat dari berbagai lomba yang di ikuti oleh P3A dan GP3A Kabupaten Solok ke tingkat nasional selalu mendapatkan juara,hal tersebut di sampaikan Amrizal Amd Kabid Ops saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/5). Disampaikan Amrizal sejak 10 tahun terakhir P3A dan GP3A Kabupaten Solok telah berhasil meraih juara di tingkat nasional seperti tahun 2007 P3A Tuah Sepakat mendapat juara 3 tingkat nasional lomba ini berlangsung di Jakarta. Tahun 2008 P3A Guguak Rantau berhasil raih peringkat 5. Sementara tahun 2009 P3A Panarian Saiyo peringkat ke enam acara ini berlangsung di Makasar. Tahun 2010 GP3A Lawas Sirukam juara nasional di Surabaya dan tahun 2011 GP3A Dang Tuanku juara 1 Solo. Tahun

2013 GP3A Batang Lembang berhasil peringkat sembilan tingkat nasional. Sementara untuk tahun 2017 P3A Karya Sepakat juga menjadi juara di tingkat nasional. Lomba ini diselenggarakan di Serpong Tanggerang. “Tahun 2018 P3A Dama Rampak juga berhasil menjadi juara di Surabaya,”jelas Amrizal. Untuk tahun 2018 ini juga ada lomba yang diikuti yakni Lomba Komunitas Peduli Sungai di Sumbar diadakan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatra V (BWSS V). Kabupaten Solok peringkat ll di bawah kabupaten Limapuluhkota, Payakumbuh. Pada 2018 ini juga direncanakan diadakan lomba peningkatan OP tingkat pengamat dan peningkatan penjuru pengairan. Kegiatan ini diadakan di NTT. “Dengan adanya lomba tersebut kita telah menyiapkan segala sesuatu terkait perlombaan tersebut,”tutur Amrizal. (yose/nas)

KNPI Wadah Pembinaan Pemimpin Muda Langkat | Jurnal Asia Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH secara resmi membuka langsung Musyawarah Daerah (MUSDA) ke XIV (14) Pemuda Komiti Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Kabupaten Langkat, di Aula Gedung Pegnasos, Stabat, Senin (14/5). Pada arahan dan bimbingannya H Ngogesa, menyampaikan, bahwa dirinya menyambut baik atas terselenggaranya Musda ini, serta berharap agar para pemuda Langkat mengedepankan semangat kebersamaan persatuan dan kesatuan dalam mengawal kodusiitas daerah ini. Selain itu, juga berharap wadah

organisasi ini menjadi bagian upaya dalam pembinaan generasi muda, untuk mempersiapkan kaderisasi muda sebagai pemimpin yang bertanggungjawab terhadap kepentingan pemuda khususnya dan masyarakat luas umumnya. “Seperti ikut memberantas serta menolak kejahatan narkoba, penyalagunaan media sosial dan kejahatan umum lainnya,” Sembari mengucapkan selamat melaksanakan Musda KNPI ke 14, semoga berjalan lancar dan sukses. Ketua MPI Langkat H Amril Ssos MAP di kesempatan sama menyebutkan, Musda ini dilakukan sebab periode

kepengurusan KNPI Langkat dibawah kepemimpinan Heri Widiyanto dan Yudhi Budianto sekretarisnya, telah berakhir pada desember 2017. Terlaksananya Musda ke 14 ini, adalah bentuk kepatuhan terhadap amanat konstitusi organisasi yang dilakukan pada masa kepengurusan berakhir. Untuk membangun komitmen bersama dengan semua OKP yang berhimpun, guna memilih kepengurusan yang baru serta nakhodanya. “Pada kepengurusan baru nantinya, kami berharap pemuda KNPI Langkat tetap menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI, sebagaimana tagline KNPI ‘kita semua satu, jangan robek merah putih

ku’,”ujarnya. Ketua DPD KNPI Provinsi Sumut Sugiat Santoso berharap Pemuda KNPI Langkat bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga kekondusifan keaman wilayah Langkat. “Baik saat menjelang Pilkada maupun selepas Pilkada Langkat,”imbuhnya. Sedangkan Ketua KNPI Langkat Heri Widiyanto, mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak, yang telah mendukung dan ikut serta memajukan visi misi KNPI Langkat, selama dikepemimpinannya. “Terutama saya ucapkan terimakasih kepada bapak H Ngogesa Sitepu SH,”sampainya. Sembari berharap

pada kepemimpinan KNPI selanjutnya, agar terus menjaga nama baik dan membesarkan KNPI di Langkat ini. Turut hadir Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin Mkes MM, Ketua DPD KNPI Provinsi Sumut beserta pengurus, Kketua DPD partai Golkar Langkat Terbit Rencana SE beserta pimpinan partai politik lainnya, unsur Forkopimda Langkat, para kepala OPD Langkat, unsur ketua MPI KNPI Langkat. Unsur pengurus KNPI Langkat, Camat dan Forkopim Stabat, Pimpinan Ormas dan OKP Langkat, tokoh pemuda, insan pres, LSM serta para peserta Musda. (menanti ginting/nas)


RABU 16 MEI 2018

19

Info Serba-SerbI

Jus untuk Detoksiikasi PROSES penawaran racun dalam tubuh alias detoksiikasi sangat penting dilakukan bagi seseorang yang ingin menjalani program diet. Detoksiikasi membantu mempercepat penurunan berat badan. Salah satu cara untuk detoksiikasi adalah meminum jus dari buah dan sayur segar. Minuman yang cocok untuk membantu detoksiikasi adalah jus dari apel, buah bit, dan wortel atau yang biasa disebut jus ABC. Tiga bahan alami tersebut mengandung segudang nutrisi yang berkhasiat untuk tubuh, seperti menurunkan risiko kanker. Apel mengandung banyak vitamin, mulai dari A, B1, B2, B6, C, E, dan K. Apel juga mengandung mineral penting seperti asam folat, zinc, kalium, dan fosfor. Serat dalam buah apel juga membantu melancarkan sistem pencernaan.

Info Beriklan : (061) 663 5 664

Iklan Ekonomis 20mm/Kolom Rp. 20.000,40mm/Kolom Rp. 40.000,-

PURBA MULTIROOF Spesialis Atap dan Baja Ringan

Menyediakan : - Genteng metal, Atap Spandek panjang/Lengkung. - Besi C/Truss, Reng (zincalume) Jl.Gaperta Ujung No.80-A Medan

Hubungi : 081362321899 081265237863 081262861028 N.B : Menerima pemasangan baru dan bongkar pasang atap (Rumah tinggal, pabrik, sekolah, kantor, dsan gedung lainnya).

Jl. Gatot Subroto No. 317/236 A Tel. (061) 453 9685 - 453 9684 (Depan Jl. PWS) - Medan. Terima Tempahan Canopy, Folding Gate, Pintu Plat Besi, Aluminium, Kaca dan Stainless Steel.

WASHTAFEL PVC

PINTU PRESS

ROLLING DOOR

FOLDING GATE

UPVC

CIN BOY 0853 6022 3003

60mm/Kolom Rp. 60.000,80mm/Kolom Rp. 80.000,-

Sementara buah bit mengandung nutrisi yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, buah bit mengandung antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan wortel kaya akan serat dan vitamin A yang sangat diperlukan tubuh. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A juga membantu menghilangkan racun dalam tubuh dan menjaga kondisi hati. Minum jus dari campuran apel, buah bit, dan wortel sangat bermanfaat bagi tubuh, apalagi pelaku diet. Selain menjaga kesehatan organ dalam, jus ini juga membuat kulit mulus. Selain itu, minum jus ABC secara rutin membantu meningkatkan daya ingat dan menurunkan berat badan. Lantas,

bagaimana cara membuatnya? Campurkan satu buah bit, apel, wortel, dengan satu ruas jahe. Cuci bersih semua bahan tersebut sebelum dihaluskan. Tambahkan satu gelas air,

kemudian haluskan menggunakan blender. Jika perlu, tambahkan satu sendok makan madu. Anda bisa langsung meminumnya atau disaring terlebih dahulu. (oz-van)


20

rabu 16 mei 2018

SAINS

Menurut Sains

8 Minggu, Usia Anjing Paling Menggemaskan Untuk Meneliti Mars

NASA Segera Kirim Helikopter Mini “Model yang diciptakan melalui teknologi komputer khusus ini juga memprediksi, bahwa material Phobos dan Deimos berasal dari Mars, sehingga komposisi mereka seharusnya mirip dengan Planet Merah, terutama untuk sebagian besar elemennya,� papar William Canup, salah seorang peneliti yang terlibat. Ditambahkan oleh Canup, penelitian ini akan bermanfaat untuk ekspedisi angkasa luar berikutnya guna menyelidiki Mars dan kedua satelit alaminya, seperti misi yang dilakukan oleh Japan Aerospace Exploration Agency Mars Moons Exploration (MMX). Pesawat ruang angkasa tersebut akan diluncurkan pada 2024, lalu mendarat di Phobos dan Deimos, dan mengumpulkan sampel sebelum kembali ke Bumi lima tahun kemudian. (lp6/hut)

kilogram, dan memiliki penampang badan kurang lebih seukuran bola softball. Selain itu, baling-baling kembar akan berputar berlawanan arah pada kecepatan 3.000 rpm, yakni ukuran kecepatan yang dibutuhkan untuk menyesuaikan laju kendaraan di tipisnya atmosfer Mars. Adapun, pengisian ulang daya baterai lithium-ion pada kendaraan ini akan dilakukan via panel surya. Satelit Alami Mars Sementara itu di kesempatan lain, para peneliti tengah berusaha meneliti bagaimana dua satelit alami Mars, Phobos dan Deimos, terbentuk. Menggunakan teknologi komputer khsuus, para peneliti terus melakukan simulasi pembentukan Phobos dan Deimos, melalui beberapa metode.

LeMBaga antariksa milik Amerika Serikat (AS), NASA, berencana akan segera mengirim helikopter tanpa kemudi berukuran mini ke planet Mars. Pengumuman yang disampaikan pada Jumat, 11 Mei 2018 itu, menyebut helikopter terkait akan dingkut oleh kendaraan penjelajah Mars 2020. Dikutip dari VOA Indonesia pada Senin (14/5), helikopter tersebut dimaksudkan sebagai demonstrasi teknologi untuk memandu dan menjangkau lokasi-lokasi yang tidak dijangkau via kendaraan darat. NASA Rekam Penampakan Misterius Mirip Serangga di Mars, Alien? Helikopter untuk meneliti Mars itu tengah dikembangkan oleh Laboratorium Propulsi Jet milik NASA di California Selatan. Bobot helikopter ini kurang dari 1,8

925

TTS Mendatar 3. tingkat, jenjang 4. cabang olahraga bela diri 5. zodiak yang di gambarkan dengan domba jantan 9. kereta listrik 11. bulan ke 5 14. benda angkasa yang seperti piringan 15. laut (inggris) 16. sebarkan 18. bintang searah

19. 20. 23. 26. 27. 29. 30. 31. 32.

National Aeronautics and Space Administration sungai di irak obat sakit kepala kakek memiliki daya tarik khas alat pembayaran yang sah pakaian tidur pupuk buatan mata (arab)

Jawaban TTS 924 1

Menurun 1. nama buah 2. perjalanan nabi muhammad saw dari masjidilharam ke mekkah 3. jenis tanaman hias 4. taruna akademi militer 6. baik budi bahasanya 7. belut jepang) 8. suara keras untuk menakut nakuti 10. membuang iman agama 12. infeksi saluran pernafasan atas 13. salah satu undur musik hip hop 17. keuntungan 21. 5 (inggris)

22. 23. 24. 25. 28.

logam campuran pasangan (inggris) halaman (inggris) ganggu uang ringgit emas

4

2

T

3

P E N S I L I

A N E K A 5

S

M

7

A

9

13

R

O

Y

T

A

P

D

O

18

A D E G A N 19

P

E

N

U

20

22

G A M B A R

A

B A G

L

25

A 26

A

S O K 28

T

T

E

R

I

G

T

A

A N T A R A

21

23

K

27

E

24

E

U

A

S

W

I

29

R 30

T R A N S M I G R A N

31

J A G O

B

E 32

T 33

M E R A H 34

R U P E E

A

G

D

R E S I

P

T

I 16

17

T

10

S A K R A L

B O R

A N O N I M

15

R I U H

H A

A

12

A

L

D

I 14

8

M A M P I R

11

T

6

S

K

35

L A R I S

Banyak orang menjuluki anjing sebagai sahabat terbaik manusia. Bukan hanya kesetiannya, namun juga tingkah lakunya yang menggemaskan. Terkait dengan perilaku dan wajah anjing yang menggemaskan, pernahkah Anda bertanya di usia berapakah anjing paling menggemaskan? Ilmuwan asal Arizona State University dan University of Florida telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa anjing paling menggemaskan di usia delapan minggu. Ini adalah saat anjing mulai berhenti menyusu induknya dan belajar mandiri. Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Anthrozoos: A Multidisciplinary Journal of the Interactions of People and Animals, menjelaskan bagaimana anjing berevolusi menjadi sangat bergantung pada manusia. Sebelum kesimpulan diperoleh, para ahli merancang sebuah penelitian dengan menggunakan 51 gambar anak anjing dari yang baru lahir hingga sudah cukup dewasa. Anjing yang dipakai dalam penelitian ini adalah Jack Russell terrier, cane corso, dan anjing penggembala putih. 51 partisipan diminta untuk memberi penilaian seberapa menariknya anak-anak anjing dari setiap gambar. Hasilnya, anjing yang baru lahir masuk dalam kriteria paling tidak menarik. Nilai kemudian terus naik dan puncaknya saat anjing berusia delapan minggu, kemudian penilaian menurun lagi. Jika dibayangkan, graiknya seperti segitiga dengan puncak kegemasan pada usia delapan minggu. Dengan tiga ras anjing berbeda, peneliti menemukan ada sedikit perbedaan. Ahli menyebut anjing cane corso paling menggemaskan di usia rata-rata 6,3 minggu, sementara anjing Jack Russell dan anjing penggembala paling lucu di usia 7,7 minggu dan 8,3 minggu. “Hasil ini seperti yang saya harapkan, di mana memang ada titik (usia) paling menggemaskan untuk anjing, yakni saat anak anjing sudah disapih dari induknya,� ujar profesor Clive Wynne dalam sebuah pernyataan dilansir Newsweek, Senin (14/5). (kc/hut)


Rabu 16 Mei 2018

21

HIBURAN

Kristen Stewart

Nyeker di Red Carpet Cannes 2018 Selama ini Kristen Stewart dikenal sebagai salah satu aktris yang doyan membuat sensasi. Mulai dari kisah percintaan, gaya berbusana, hingga aksi uniknya yang mampu membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Kali ini, Kristen Stewart kembali menjadi bahan perbincangan gara-gara penampilannya di Festival Film Cannes 2018. Bukan karena dress seksi ataupun riasan makeup, melainkan karena aksinya saat nekat copot high heels di atas red carpet. Pemandangan itulah yang sukses menjadi pusat perhatian. Usai berpose di depan banyaknya

kamera media, Kristen langsung melepaskan sepatunya dan berjalan menaiki anak tangga. Tak kuat menahan rasa sakit dan capet saat memakai high heels, bintang Personal Shopper ini lebih memilih untuk nyeker di atas red carpet. Ia pun sama sekali tak peduli dengan kamera media yang sedang menyorotnya saat itu. Bergegas naik ke arah tangga, kekasih Stella Maxwell ini pun menjinjing sepatu stiletto berwarna hitam itu. Wajahnya sempat terlihat meringis karena benar-benar tak nyaman saat memakai high heels. Iini bukan kali pertama Kristen nekat nyeker saat menghadiri acara penting. Sebelumnya bintang asal Amerika Serikat ini juga pernah melepaskan sepatu heels-nya di acara premiere ilm Equals yang digelar di Venice Film Festival pada September 2015 silam. (kpn|swm)

Gogon

Meninggal Usai Isi Acara di Lampung Panggung lawak Indonesia kembali berduka. Komedian senior Margono atau Gogon Srimulat meninggal dunia di usia ke57 tahun, Selasa (15/5). Gogon menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 05.00 WIB di sebuah rumah sakit di Kotabumi, Lampung. Gogon sedang berada di Lampung untuk mengisi sebuah acara bersama beberapa rekan komedian senior lain dan juga penyanyi Didi Kempot. Jenazah Gogon akan langsung dibawa dari Lampung ke Solo melalui pesawat. Jenazah akan diterbangkan dari Lampung sekitar

pukul 10.00 WIB. Disebutkan Kadir, jenazah langsung dibawa ke Solo oleh Didi Kempot dengan pesawat udara. Rekan rekan lainnya Tarzan mengaku tidak mengetahui apa penyebab kematian Gogon yang terbilang tiba-tiba ini. Tarzan juga mengatakan tidak mengetahui apakah Gogin mengidap suatu penyakit atau tidak. “Tadi pagi meninggal dunia. Saya tidak tahu apa penyakitnya,” kata Tarzan menjelaskan. Tarzan mengatakan, jenazah Gogon akan dipulangkan ke kampung halamannya di Solo melalui pesawat. Pemulangan jenazah Gogon ini akan didampingi oleh Didi Kempot. Meski tidak bisa melayat langsung, Tarzan turut mengirimkan doa untuk almarhum Gogon. Ia juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Gogon. “Semoga yang ditinggalkan tabah dan ikhlas,” ungkap Tarzan. (rep|swm)

Sun Plaza Cinemaxx COMING SOON TRuTH OR DARE (Cinemaxx Regular 2D)17+ SuN PlAzA | 18:15 20:30 22:45

GHOST STORIES (Cinemaxx Regular 2D)17+ SuN PlAzA |15:15 17:15 19:15 21:15 23:20

SAMA JuGA BOHONG 1986 Director Chaerul umam Actors Dono, Kasino, Indro, Ayu Azhari, Chintami Atmanegara tayang tanggal 18 Mei 2018

KulARI KE PANTAI Director Riri Riza Actors Maisha Kanna, lilli latisha, Marsha Timothy, Ibnu Jamil, Suku Dani, Varun Tandjung, Karina Suwandi, lukman Sardi, M. Adhiyat tayang tanggal 28 Juni 2018

SHOW DOGS Director Raja Gosnell Actors Will Arnett,Chris ludacris Bridges,Alan Cumming,Stanley Tucci,RuPaul,Natasha lyonne,Shaquille O’Neal,Gabriel Iglesias,Omar Chaparro

AVENGERS: INFINITY WAR (Cinemaxx Regular 2D)13+ SuN PlAzA | 15:15

AVENGERS: INFINITY WAR (Cinemaxx Gold 2D)13+ SuN PlAzA | 16:45 19:45 22:45

DEADPOOl 2 (Ultra XD 2D)17+ SuN PlAzA | 15:00 17:30 20:00 22:30 DEADPOOl 2 (CinemaXX GolD 2D)17+ SuN PlAzA | 15:30 18:00 20:30 23:00

DEEP (Cinemaxx Junior 2D)Su SuN PlAzA | 16:30 19:30 DEEP (Cinemaxx Regular 2D)Su SuN PlAzA | 15:30 17:30 19:30 21:30


22

Rabu 16 Mei 2018

opini

Marhaban Ya Ramadhan Bulan puasa adalah bulan yang dinantikan oleh semua umat Islam, bulan dimana tiap insan harus menahan semua nafsu dari mulai nafsu makan dan minum hingga nafsu lainnya. Guna menjaga kesehatan tubuh selama menjalani puasa, perlu dilakukan persiapan seperlunya. Bentuk kebahagiaan sambut Ramadhan bisa dengan, pertama, membersihkan hati. Yaitu saling memaafkan kepada sesama. Membebaskan hati dari rasa iri dan dengki sehingga hilang semua penyakit hati, siap hadapi ramadhan. Langkah menuju bulan penuh ampunan dengan sangat ringan tanpa beban. Kedua, siap lahir batin. Banyak yang mempersiapkan ibadah ramadhan dengan banyak hal, berbau duniawi, seperti menu buka dan sahur, baju baru, dan lain sebagainya. Yang tak kalah penting yang harus dipersiapkan sebenarnya keluasan lahir batin. Jika hanya lahir saja yang dipersiapkan, bisa jadi jalani ibadah puasa dan amalan lainnya tidak ikhlas dan terpaksa. Lain jika dilaksanakan lahir batin, isik disiapkan supaya sehat dan batin ikhlas menjalaninya. Ketiga, siapkan hati yang ikhlas dalam beribadah selama bulan Ramadhan. Sekalipun jangan pernah mengharap pujian dari manusia, karena Allah hanya menilai ketaqwaanya saja dari ummatnya. Ikhlas ini satu hal sulit dilakukan tapi harus berusaha dijalankan. Supaya puasa memiliki nilai tambah, bonus janji Allah Laa’alakum tattaqum. Diberikan pahala taqwa oleh Allah SWT. Keempat, secara fisik juga harus prima. Kondisikan badan dalam keadaan sehat. Karena iman kuat ditopang oleh badan yang sehat.Ini tak kalah penting dilakukan, terlebih bila kita memiliki keluhan atau penyakit tertentu yang membutuhkan konsultasi dari dari dokter saat akan menjalankan ibadah puasa. Beberapa ada yang mengatakan, puasa itu seperti terapi --obat, beberapa penyakit malah sembuh saat menjalankan puasa. Namun akan lebih aman bila kita melakukan konsultasi secara resmi dengan dokter. Kesiapan lahir batin ini akan mengantarkan pada gerbang ramadhan. Ummat muslim akan siap sedia terjun di kawah candradimukanya Ramadhan. Berharap Rahmad, ampunan, dan dibebaskannya dari api neraka. Ini sebenarnya hal yang paling penting yang harus disiapkan menjelang Ramadan. Persiapan hati menjelang Ramadan sehingga bulan penuh berkah dan ampunan ini tidak berlalu begitu saja. Selama Ramadan, usahakan perbanyak ibadah sunnah, dan jangan lewatkan ibadah wajib. (*)

Penerbit pT. MediA AnGKASA

Antara | Ardiansyah

BELAJAR MELIHAT HILAL. Mahasiswi memantau penampakan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan tahun ini melalui alat teropong di Kampus ITERA Lampung, Selasa (15/5). Meski hilal tak tampak karena tertutup awan, mahasiswa tetap antusias mengikuti pelajaran ini.

Sumur Tua Saksi Korban Revolusi Sosial (1) Oleh : Datuk Imam Marzuki

Keluarga Kesultanan Asahan memutuskan untuk menggali sumur tua di Afdeling VI PTPN III kebun Sei Dadap, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan. Pasalnya, di sumur inilah delapan keluarga Sultan Asahan dibunuh dan dimasukkan ke dalam. Mereka adalah korban revolusi sosial di kesultanan Asahan pada tanggal 3 Maret 1946. Kebesaran dan kejayaan kesultanan Melayu mulai mengalami “gonjang ganjing” politik setelah diaspora nasionalisme menembus Sumatera Timur. Menjelang kemerdekaan situasi politik makin memburuk. Suasana kecemburuan, kebencian dan kemarahan terhadap kesultanan Melayu sangat dirasakan. Ketegangan ideologis yang bertindihan dengan suasana kecemburuan, kebencian, kemarahan dan tentu saja motif perampokan terhadap kesultanan. Puncaknya sewaktu meletup kekerasan politik yang dikenal sebagai “revolusi sosial 1946”. Idiom itu menyapu Kesultanan Langkat, Deli, Serdang, Asahan, Kualuh, Kaotapinang, Bilah dan Panai. Membongkar bangunan masyarakat Melayu yang beradat dan berbudaya yang telah membumi dan berurat berakar di wilayah ini. Para Sultan, bangsawan dan kerabatnya disiksa, diperkosa, dibantai dan dibunuh. Harta kekayaan yang tak ternilai harganya itu dijarah dan dirampok. Istana sebagai pusat orientasi kebudayaan Melayu yang megah itu dibakar. Penjarahan, perampokan, penyiksaan, pemerkosaan, pemimpin Umum: Tongariodjo angkasa Ginting Se, Mba, MM, MSc Wakil pemimpin Umum: dr. Finisia angkasa Staf Ahli: Dr. Re Nainggolan, MM, Dr. ir. Jongkers Tampubolon, MSc, Drs. Nabari Ginting, Hasiholan Sidabutar Se, Ma, MM, Tjong Poh bun, Ridwan Nasution, bambang eS, Johan

Terbit : 19 Juli 2012 Alamat Redaksi dan divisi Usaha Kompleks Bilal Central A1-A2, B1-B2 Jalan Bilal Ujung, Medan Telp. 061 - 6635664 email Redaksi: berita@Jurnalasia.com email Usaha: marketing@Jurnalasia.com

Wakil General Manager: Selamat ang pemimpin Usaha: berman Pasaribu ang Se, MM pjs pemimpin Redaksi/penanggung Jawab: Rahmad S batubara Redaktur pelaksana: isvan Wahyudi Redaktur: Swisma Naibaho, Nasib Ts, Khairul anwar Dalimunthe aMd, andri DP Staf Redaksi: Syahrial Siregar, bambang NL SH, Netty Guslina, ari Wibowo, Hendra

pembantaian dan pembunuhan dilakukan secara terbuka dan terencana. (Reid : 275-281) Salah satu motif yang terjadinya pembantaian adalah motif ekonomi, dimana para laskar merampas habis seluruh harta kesultanan dan keluarganya. Harta tersebut adalah hasil kekayaan alam di Sumatera Timur yang melimpah. Misalnya di Langkat, kesultanan terbantu dengan adanya penambangan minyak di Pangkalan Berandan. Isu kecemburuan itu terbantahkan karena tidak ada bukti-bukti yang memperlihatkan bagaimana kekejaman sultan terhadap para pekerja di perkebunan. Kesultanan Melayu di Sumatera Timur dibantai oleh segerombolan pemuda yang mengatasnamakan berbagai kelompok oknum dari Pesindo dan PKI. Dari sejumlah kesultanan Melayu tersebut, kesultanan Langkat dan Asahan adalah yang paling parah mengalaminya. ini jelas Pelanggaran hak asasi manusia dalam pandangan para pakar dapat diselesaikan melalui mekanisme pengadilan, dan komisi kebenaran, untuk menyelesaikan pelanggaran hak asasi manusia dengan pengadilan dimaksudkan untuk menjunjung rule of law dan keadilan (Priyambudi Sulistiyanto,2006). Pemerintah Belanda tidak hanya mendelegitimasi Langkat, Deli, Serdang, Asahan, Kualuh, Kotapinang, Bilah dan Panai, tetapi membawa keberuntungan ekonomi. Tidak lama setelah kerjasama dengan kerajaan-kerajaan yang kemudian dikenal sebagai Kesultanan KoReSponden deliserdang: H alamsyah Siregar, Refi arif Siregar Serdang Bedagai: Sugiono Binjai: Sri Masanah Bahorok: Menanti Ginting pematangsiantar/Simalungun: Togar Sinaga. Labuhanbatu: Roberto Simatupang, M. Sibarani Tanah Karo: Herman Harahap Sidikalang: ester Pandiangan Humbahas: Firman Tobing Solok: Yose Rizal, elita Susanti SH Tanjungbalai: M. adi Sastra Langkat: badruddin Labusel: Negos Siregar Taput: Nelson Nainggolan, Se pakpak Bharat: boman Batubara: Rahman Khalid

Melayu, modal asing kolonial Belanda mengalir kencang ke wilayah-wilayah kekuasaan kerajaan itu. Karena pemimpin adat di wilayah juridiksinya, ketika menggelinding komersialisasi dan investasi Belanda dan negara lainnya dalam perkebunan, para investor dari berbagai negara itu menyewa tanah kepada para Sultan yaitu tanah hak ulayat orang Melayu yang disebut tanah konsesi untuk keperluan ekspansi perkebunan. Tanah konsesi ini mengalirkan keuntungan ekonomi bagi para Kesultanan Melayu. Di masa inilah istana-istana dibangun, masjid besar yang megah dan membanggakan. Keluarga bangsawan mengecap pendidikan modern di kota-kota besar. Pegawai birokrasi kerajaan dan perwakilan pemerintahan Belanda di Sumatera Timur diisi orang Melayu. Adat resam dan budaya Melayu menjadi preferensi kultural, kesenian seperti bangsawan dan ronggeng berkembang pesat dan selalu ditampilkan di istana. Sebagai pemimpin agama, kesultanan melindungi agama Islam di wilayahnya. Dalam batas tertentu kawula Melayu karena mendapat keistimewaan ekonomi. Kehidupan rakyatnya membaik dan sejahtera. Adanya sumber pendapatan baru tidak hanya dimanfaatkan untuk menegakkan kebudayaan, tetapi juga diinvestasikan untuk perbaikan hidup rakyat di wilayah kesultanan. Sultan Serdang. Misalnya mengembangkan pertanian sawah dengan memerbaiki saluran irigasi untuk perbaikan hidup rakyatnya. Bersambung Keuangan: Ratnawati S Kom, Jessie Rekening: bank Mandiri no 106 001 0849 399 a\n PT. Media angkasa penasehat Hukum: Sukiran SH, M.Kn, asman Siagian SH, MH dicetak oleh: PT. Karya Cetak angkasa, Jl. bilal ujung (Komp. bilal Central No. 12-12a) Medan (isi di luar tanggung jawab percetakan) SeLURUH staf dan wartawan Harian Jurnal asia tidak dibenarkan untuk meminta dan/atau menerima apapun dari narasumber baik dalam bentuk amplop, uang, honor, biaya transportasi, biaya akomodasi, hadiah, maupun berbagai bentuk gratifikasi lainnya. Jika terdapat hal tersebut di atas, silakan kirim SMS ke 0852 9776 1000. Kami juga menerima segala bentuk kritik, saran, pelaporan, dan pertanyaan demi kemajuan Harian Jurnal asia.


Rabu 16 MEi 2018

23

OLAHRAGA

PSMS Lakoni Lima Pertandingan Selama Ramadan Medan | Jurnal Asia PSMS Medan tetap menggelar latihan secara rutin selama bulan Ramadhan dengen materi-materi yang telah disiapkan dan disesuaikan dengan kondisi pemain terutama yang menjalani ibadah puasa. Apalagi tim besutan Djajang Nurjaman ini akan menghadapi lima pertandingan selama Ramadhan, yakni PSMS vs Sriwijaja FC (18/5), Mitra Kukar vs PSMS (22/5), PSMS vs Arema FC (26/5), Borneo FC vs PSMS (1/6) dan PSMS Medan vs Persib (5/6). Asisten pelatih isik PSMS, Suwandi, mengatakan selama Ramadan pemain akan terus menjalani latihan dengan serius di lapangan Kebun Bungga Medan, mengingat selama Ramadan ada lima laga yang harus dilakoni di Liga I Indonesia. “Hanya saja materi latihan akan lebih disesuaikan dengan kondisi, seperti misalnya jam latihan dipercepat dari yang biasanya pukul 17.00 WIB dipercepat menjadi 16.30 WIB. Jadi kita latihan normal namun lebih cepat. Misalnya setengah lima kita sudah mulai latihan. kalau sebelumnya jam lima,” ujarnya di stadion Kebun Bunga Medan,

Selasa (15/5). Ia juga menegaskan selama Ramadan, skuad PSMS juga tidak akan menggelar latiham malam hari, karena hal itu dinilai tidak sesuai dan akan sangat berpengaruh pada jam istirahat pemain. “Kalau latihan malam akan sangat berpengaruh pada metabolisme pada saat makan dan istrirahat juga terganggu,” sebutnya. Jadi, lanjut dia, selama Ramadan, untuk mensiasati agar kondisi pemain tetap bugar, akan disiasati dengan pemberian dan penambahan nutrisi sehingga asupan pada tubuh tetap standar dan pemain tetap bugar. “Tentunya puasa akan sangat berpengaruh dan untuk mensiasatinya kita bermain dengan nutrisi. Makanan untuk asupan pemain saat sahur dan berbuka harus benar-benar dipilih,” tandasnya. Abdul Rohim sudah mulai mengikuti latihan, yang dipandu Sahari Gultom, selaku pelatih kiper PSMS Medan. Keikutsertaan Abdul Rohim pada latihan memunculkan tanda tanya. Pasalnya sudah beberapa minggu Abdul Rohim tidak mengikuti laga

Porwil Kota Medan IV/2018

Kecamatan Medan Baru Raih Juara Umum Medan | Jurnal Asia Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Kota Medan IV/2018 resmi ditutup di Lapangan Carefour Jalan Jamin Ginting Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Sabtu (5/5) lalu. Penutupan dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution. Memasuki tahun ke-empat Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Kota Medan. Kontingen Kecamatan Medan Baru mulai unjuk gigi dengan tampil sebagai juara umum wilayah II. Medan Baru berhasil menyingkirkan enam kecamatan dalam perolehan medali dengan raihan 17 emas, 6 perak dan 5 perunggu. Ketua KONI Kecamatan Medan Baru Bernard Sibagariang mengatakan dua cabor unggulan berhasil tampil sebagai juara umum dan berhasil mendongrak perolehan medali, sehingga berhasil sebagai juara umum. Renang menyabet 11 emas dan 4 perak, sedangkan kempo mendulang 6 emas, 2 perak dan 2 perunggu, arung jeram menyumbang 2 perunggu serta panahan dengan raihan 1 perunggu. “Nilai-nilai moral yang baik dan dibentuk melalui aktivitas olahraga antaranya seperti mempersiapkan diri untuk menjadi yang terbaik, tepat waktu, disiplin diri, doa, motivasi dan dapat bekerjasama dengan tim. Hal inilah merupakan dasar bagi kontingen kecamatan Medan baru meraih kesuksesan yang perdana tampil sebagai juara umum,” ujarnya di Medan, Selasa (15/5). Dia menjelaskan, Porwil Kota Medan ini merupakan kegiatan positif bagi kemajuan

olahraga di Medan untuk masa mendatang. Porwil Kota Medan 2018 mampu menerbitkan bakat-bakat atlet yang selama ini belum mendapatkan tempat untuk mengasah kemampuan untuk menunjukkan kualitasnya. Ia juga berpesan kepada atlet yang sudah berhasil meraih medali, untuk tidak berpuas diri. Karena masih banyak event-event besar menanti. Tentunya butuh perjuangan dan latihan yang lebih giat lagi. “Terus berlatih, berjuang lebih keras lagi supaya kedepan bisa menjadi atlet professional yang dapat membanggakan Kecamatan Medan Baru di kancah nasional maupun internasional,” sebutnya. Lebih lanjut ia menjelaskan kami tetap optimis dapat mempertahankan juara umum pada Porwil Kota Medan V tahun depan. Untuk itu kontingen Medan Baru terus berjuang dengan semangat sang juara dan menjadi yang terbaik untuk memperoleh medali . Tentunya dengan mengandalkan cabor unggulan. Namun, tetap melakukan evaluasi dan pembenahan yang lebih baik lagi untuk cabor-cabor yang belum menuai prestasi. “Doa dan motivasi merupakan dua faktor pendukung keberhasilan Medan Baru dalam bidang olahraga. Prediket juara umum yang berhasil diraih tidak membuat KONI dan pihak Kecamatan Medan Baru cepat berpuas diri. Namun, hasil yang diraih menjadi bahan evaluasi persiapan atlet untuk menuju PORKOT tahun ini, dengan misi tampil masuk 10 besar,” pungkasnya. (bambang nl-adp)

maupun latihan bersama skuat Ayam Kinantan, dikarenakan cidera hamstring yang dialaminya. Menjawab hal itu, Rohim sapaan akrabnya, belum bisa memastikan apakah akan turun pada laga kandang kontra Sriwijaya FC Jumat, (18/5) di Stadion Teladan Medan.

“Saya belum dapat memastikan apakah bisa turun, ikut latihan aja dulu. Kalau ditanya apakah mau turun, pastilah mau, tapikan kita juga harus lihat keadaan sekarang. Untuk kepastiannya kita lihat nanti aja ya,” ujar Rohim. (bambang nl-adp)


24

Rabu 16 Mei 2018

SPORT

Kamis (17/5) 01:45 Wib Olympique Marseille VS Atletico Madrid Bein Sports 1

PERKIRAAN PEMAIN - Marseille (4-2-3-1): Steve Mandanda; Jordan Amavi, Luiz Gustavo, Adil Rami, Hiroki Sakai; Andre Zambo Anguissa, Morgan Sanson; Lucas Ocampos, Dimitri Payet, Florian Thauvin; Valere Germain. - Atletico (4-4-2): Jan Oblak; Sime Vrsaljko, Jose Gimenez, Diego Godin, Lucas Hernandez; Saul Niguez, Gabi, Thomas Partey, Koke; Antoine Griezmann, Diego Costa.

Akhiri Duka Nestapa

Lyon | Jurnal Asia Liga Europa akan memanggungkan laga puncaknya. Olympique Marseille dan Atletico Madrid adalah dua kontestannya, dan pertemuan ini menjadi lomba untuk kedua klub demi mengakhiri puasa gelar. Parc Olympique Lyonnais di Lyon akan menjadi tempat dihelatnya laga inal Liga Europa, Kamis (17/5) dinihari WIB. Los Colchoneros melaju ke babak puncak usai menyingkirkan Arsenal. Sementara Marseille menumbangkan Salzburg untuk meraih tiket ke babak inal.

Atletico sudah dua musim tak mendapatkan piala. Terakhir kali mereka mendapatkan troi terjadi pada 2014. Piala Super Spanyol menjadi troi terakhir yang mereka gapai. Setelah itu, Atletico memang sekali mencapai babak inal. Sial bagi Atletico, mereka gagal di inal Liga Champions 2015/2016. Atletico kalah dari rival sekota, Real Madrid. Sementara itu, Marseille menjalani puasa troi yang lebih lama. Sudah setengah dasawarsa mereka mengakhiri musim

Jelang Piala Dunia 2018

Icardi Masuk Skuat Sementara Argentina Buenos Aires | Jurnal Asia Argentina mengumumkan skuat sementara berisi 35 pemain untuk Piala Dunia 2018. Jumlah ini akan menyusut menjadi 23 nama yang jadi skuat inal. Dalam 35 nama yang berada di daftar sementara ini, terdapat Paulo Dybala dan Mauro Icardi. Dua pemain ini sudah ditinggalkan di dua uji coba terakhir dan diyakini tak jadi prioritas untuk dibawa ke Rusia. Terlebih untuk Icardi yang cuma empat kali tampil bersama timnas Argentina sejak 2013. Nama-nama pemain senior seperti Javier Mascherano, Angel Di Maria, Ever Banega, Gonzalo Higuain, Sergio Aguero, dan Lionel Messi diperkirakan masih akan jadi kerangka tim. Namun pelatih timnas Argentina Jorge Sampaoli juga memasukkan pemain-pemain muda seperti Lautaro Martinez, Cristian Pavon, dan Leandro Paredes, meski masih perlu dinantikan apakah mereka akan

masuk ke skuat akhir. Sebelumnya, nasib Icardi tidak menentu di timnas Argentina. Kendati tampil apik bersama Inter, penyerang 25 tahun itu justru terancam tidak kebagian tempat di skuat Jorge Sampaoli. Argentina memang mempunyai banyak pilihan striker. Mulai dari Messi, Gonzalo Higuain, Sergio Aguero, hingga Paulo Dybala. Semua striker itu menjalani musim yang bagus. Padahal dari segi ketajaman, Icardi tidak kalah bagusnya. Bersama Inter, ia bikin 28 gol dari 34 laga musim ini. Jika ditotal, Icardi bahkan sudah bikin 109 gol dari 188 penampilannya di Italia (termasuk bersama Sampdoria). Argentina sendiri tergabung di Grup D pada turnamen yang berlangsung 14 Juni-15 Juli mendatang. Islandia akan jadi lawan pertama La Albiceleste, dengan Kroasia dan Nigeria jadi dua lawan berikutnya. (dc-adp)

tanpa raihan piala. Coupe de la Ligue 2011/2012 merupakan ajang terakhir yang dimenangi oleh Marseille. Bersama Diego Simeone, Atletico mempunyai pengalaman sekali menjuarai Liga Europa. Momen itu terjadi musim 2011/2012. Saat itu, mereka mengalahkan tim Spanyol lainnya, Athletic Bilbao. Atletico mengawali langkah di kompetisi Eropa musim ini di fase grup Liga Champions. Atletico tersingkir di fase grup dan terlempar ke babak 32 besar Liga Europa. Perlu diketahui bahwa tiga dari delapan inal sebelumnya dimenangi oleh klub-klub yang tersingkir dari fase grup Liga Champions, yaitu Atletico pada 2010, Chelsea pada 2013 dan Sevilla pada 2016. Atletico juga punya skuat yang setingkat lebih baik. Pilar utamanya adalah Antoine Griezmann, penyerang Prancis yang sudah mengemas empat gol dan tiga assist di Liga Europa musim ini. Selain itu, beberapa pemain Atletico pun sudah berpengalaman menjuarai kompetisi ini. Vitolo dan Kevin Gameiro pernah menjuarainya tiga musim beruntun bersama Sevilla (2013/14, 2014/15, 2015/16). Filipe Luis, Gabi, Diego Godin, Juanfran, Koke dan Saul sudah memperkuat Atletico ketika jadi juara bersama pelatih Diego Simeone pada musim 2011/12. Fernando Torres meraihnya bersama Chelsea pada musim 2012/13. Sejauh ini, belum ada klub Prancis yang jadi juara di UEFA Cup/Liga Europa. Marseille sendiri pernah dua kali masuk inal, tapi selalu kalah. Marseille kalah lawan Parma di inal 1999 dan Valencia di inal 2004. Dengan dukungan pemain seperti Diego Costa, Antoine Griezmann, Koke, dan Jan Oblak, Atletico sepertinya pantas menjadi unggulan. Beberapa bursa taruhan di Eropa menjagokan Atletico akan

menjadi pemenang. Meski diunggulkan, Atletico patut waspada. Marseille mempunyai pemain yang harus mendapat perhatian ekstra seperti Florian Thauvin dan Dimitri Payet. Thauvin patut diwaspadai, dia sudah membukukan 26 gol dan 12 assist di musim ini. Sementara, kapten Dimitri Payet merupakan pendulang assist terbanyak (7) di Liga Europa 2017/18. “Kami akan coba memenangkannya, meski Atletico Madrid merupakan favorit,� kata pelatih Marseille, Rudi Garcia, dilansir situs resmi UEFA. Mereka ingin menjadi tim asal Prancis pertama yang memenangkan gelar kompetisi tersebut. Wakil Negeri Anggur sebelumnya tumbang pada empat kesempatan, seluruhnya ketika turnamen masih bernama Piala UEFA. Marseille merasakan pengalaman pahit dua kali ketika dibungkam AC Parma (0-3, 1998/1999) dan Valencia (0-2, 2003/2004). Di laga sebelumnya, Marseille cuma imbang 3-3 melawan tuan rumah Guingamp pada pekan ke-37 Ligue 1. Marseille terancam gagal inis di tiga besar. Jika ingin lolos ke Liga Champions musim depan, Marseille perlu mengalahkan Atletico di Lyon. Atletico sebaliknya. Atletico berada dalam kondisi ideal menyusul kemenangan 1-0 atas tuan rumah Getafe lewat gol tunggal Koke, yang membuat mereka hampir pasti inis di peringkat 2 La Liga. Jika ada faktor yang bisa merusak kans menang Atletico, maka salah satunya adalah kepastian absennya Simeone di pinggir lapangan. Dia dilarang mendampingi tim dalam empat pertandingan menyusul pengusiran di semiinal leg pertama kontra Arsenal. (dc-bn-scw-adp)

Harian Jurnal Asia Edisi Rabu, 16 Mei 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Rabu, 16 Mei 2018

Harian Jurnal Asia Edisi Rabu, 16 Mei 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Rabu, 16 Mei 2018

Advertisement