Page 1

Wujudkan PemiluJurdil di Medan Halaman 2 rabu, 14 maret 2018 nomor 1.616 tahun Vi

Rp3.000 (Luar Kota + ongKos Kirim)

KSAD Minta Bawaslu Buktikan Keterlibatan TNI harianjurnalasia

HarianJurnalAsia

jurnalasia.com

Halaman 4

Toko Roti Helious Terbakar Halaman 6

KPK Ciduk Oknum Hakim PN Halaman 7

Ujian Nasional Sumut Mulai April-Mei 528.373 Siswa Siap Bertarung

Antara | Septianda Perdana RAZIA BUAH TANPA IZIN IMPOR.Petugas Bea Cukai memperlihatkan buah jeruk mandarin tanpa izin yang masih tersimpan di dalam kontainer di kawasan Jalan Medan-Binjai, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (13/3). Kementerian Perdagangan bersama Bea Cukai Belawan berhasil mengamankan terhadap tujuh kontainer yang membawa muatan berisi 8.721 karton buah jeruk mandarin dan 1.002 karton buah apel asal Cina yang masuk ke Indonesia tanpa izin impor.

Selundupan PT Suci Abadi Terang ke Sumut

7 Kontainer Jeruk dan Apel Tiongkok Disita Medan | Jurnal Asia Tujuh kontainer Holtikultura yang berisi jeruk mandarin dan apel asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT), disita oleh Kementerian Perdagangan dan Bea Cukai (BC) Belawan. Kontainer tersebut masuk ke Sumatera Utara (Sumut) melalui Pelabuhan Belawan. Direktur Tertib Niaga Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Veri Anggrijono mengatakan, pemerintah Indonesia memang sudah melarang impor jeruk dari RRT. Izin jeruk impor hanya diperbolehkan dari negara Pakistan. “Jeruk mandarin dan apel dari RRT itu

masuk ke Sumut tanpa izin Kementerian Perdagangan. Dari tujuh kontainer produk holtikultura tersebut berisi 8.721 karton jeruk dan 1.002 karton apel tanpa izin,” katanya di sela sidak di gudang penyimpanan di kawasan Diski Trade Center Deli Serdang, Selasa (13/3). Importasi produk hortikultura sendiri, lanjutnya, diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan di mana setiap importir ko­ moditas itu harus mendapat persetujuan. Persetujuan tersebut tertuang dalam PI (Per­ setujuan Impor) sesuai Permendag Nomor 43/M­DAG/PER/6/201. (Bersambung ke halaman 11)

“Jeruk mandarin dan apel dari RRT itu masuk ke Sumut tanpa izin Kementerian Perdagangan.”

Direktur tertib niaga Ditjen Perlindungan Konsumen dan tertib niaga Kemendag Veri anggrijono

Langkah JR di Pilgubsu di Ujung Tanduk KPU Tak Gentar Ancaman Pidana Medan | Jurnal Asia Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Uta ra (Sumut) memberikan sinyal akan meng hentikan langkah JR Saragih untuk maju sebagai pasangan calon (paslon) di Pilgubsu 2018. Sinyalement keputusan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk yang kedua kalinya, me­ nguat setelah Komisioner KPU Sumut Iskandar Zulkarnaen mengeluarkan pernyataan amar putusan sidang musyawarah tidak ada tafsir. Perihal ini disampaikannya, setelah tim JR Saragih yang mestinya melegalisir fotocopy Ijazah/STTB SMA milik JR Saragih di Suku Dinas DKI Jakarta, Senin (12/3), malah melegalisir Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI). (Bersambung ke halaman 11)

Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) mengumumkan jadwal Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SMA dan SMK serta SMP. UN akan dimulai awal April hingga Mei nanti. “Ujian Nasional akan digelar pada tanggal 2­5 April untuk SMK. Mata pelajaran lebih sedikit dibandingkan UN 2016,” kata Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi, di Kemendikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (13/3). Bambang mengatakan ada 4 mata pelajaran yang akan diujikan yaitu bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan teori kejuruan. Selain itu akan ada ujian sertiikasi kompetensi yang akan diuji Lembaga Sertiikasi Profesi. (Bersambung ke halaman 11)

Antara | Reno Esnir Kabid Humas Kombes Pol. Argo Yuwono (kedua kanan) menunjukkan barang bukti saat rilis hasil perkara ilegal akses terhadap sistem elektronik milik orang lain yang dilakukan oleh kelompok peretas (Hacker) SBH di Polda Metrojaya, Jakarta, Selasa (13/3).

3 Mahasiswa Retas Ribuan Situs 44 Negara Raup Ratusan Juta Rupiah Perbulan

Jurnal Asia | Bowo KOMIsIONeR KPU Sumut, Iskandar Zulkarnaen ketika diwawancarai wartawan, Selasa (13/3) siang, terkait kasus ijazah JR Saragih.

Jakarta | Jurnal Asia Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap tiga pelaku kasus peretas situs web yang merugikan ribuan situs web di dalam dan luar negeri. Mereka tergabung dalam komunitas Surabaya Black Hat Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Raden Prabowo Argo Yuwono Kombes Argo Yuwono mengatakan, ketiga tersangka berinisial KPS, NA, dan ATP dan ditangkap di Surabaya pada Minggu (11/3). (Bersambung ke halaman 11)


2

Rabu 14 MaRet 2018

MEDAN

BCA Gelar Operasi Katarak Gratis

Jurnal Asia | Ist

OPERASI KATARAK. Kepala Pendukung Operasi BCA Medan Tien Anna Susanti (tengah-kanan) bersama Ketua Perdami cabang Sumut Deli, Direktur RS Mata Prima Vision Michael usai membuka Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis di RS Mata Prima Vision Medan, kemarin.

Walikota Imbau PPK dan PPS

Wujudkan Pemilu Jurdil di Medan Medan | Jurnal Asia Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengimbau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 se-Kota Medan, Selasa (13/3), di Gedung Madinatul Hujjaj, Asrama Haji Medan, dapat mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil (jurdil) Dia menyebutkan, tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun yang diprediksi akan penuh dengan dinamika politik. Diharapkan situasi tersebut tidak sampai memecah belah persatuan dan kesatuan di antara warga indonesia. “Butuh kesadaran bersama bahwa diperlukan individu dan institusi yang mampu melaksanakan pemilu yang jujur dan adil. Untuk itulah kita hadir di tempat ini hari ini, untuk melantik para anggota

PPK dan PPS se-Kota Medan,” ungkapnya, di hadapan Ketua KPU Medan, Herdensi Adnin, Anggota KPU Medan, Pandapotan Tamba, Agussyah Ramadani Damanik, Edi Suhartono, dan Yeni Khairiah Rambe serta seluruh anggota PPK maupun PPS se-Kota Medan yang dilantik hari itu. Walikota menyebutkan, melakukan pemutakhiran data pemilih, membuat daftar pemilih sementara, membuat daftar pemilih hasil perbaikan dan daftar pemilih tetap, merupakan sebagian dari tugas yang harus dijalankan. Besarnya tanggungjawab tugas, wewenang dan kewajiban anggota PPK dan PPS ini merupakan amanah yang harus dijaga dengan sepenuh hati. “Anggota PPK dan PPS harus mampu bersinergi, menciptakan iklim yang kondusif untuk penyelenggaraan pemilu

mendatang. Jangan sampai amanah ini malah nantinya disalahgunakan untuk kepentingan pribadi, kepentingan kelompok maupun kepentingan segelintir pihak yang ingin meraih keuntungan dengan cara yang tidak benar,” sebut walikota. Walikota mengingatkan, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan hari ini pada hakikatnya tidak hanya disaksikan oleh mata manusia, namun juga disaksikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa. Dengan adanya kesadaran itu, diharapkan para anggota PPK dan PPS diyakini tidak akan menyalahgunakan tugas. “Mari kita sama berharap, agar kita mampu berlaku amanah dalam memikul tugas ini,” harap walikota. (put/rol)

Medan | Jurnal Asia Tekan jumlah kebutaan akibat katarak, BCA kembali mengadakan operasi katarak melalui program Bakti BCA di Rumah Sakit (RS) Mata Prima Vision Medan 10 hingga 11 Maret 2018. Rangkaian kegiatan sosial dalam rangka HUT BCA ke-61 bekerjasama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami). Kepala Operasi Cabang (KOC) BCA Pendukung Operasi BCA Medan Dewi Surawan Tien Anna Susanti mengatakan, BCA mencermati layanan kesehatan yang layak dan dapat diakses seluruh masyarakat Indonesia masih membutuhkan perhatian khusus. Kegiatan operasi katarak ini dilakukan oleh BCA secara berkesinambungan agar dapat menjangkau masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. “Kami menyadari bahwa katarak dapat menyerang siapapun, tidak hanya saudara kita yang sudah berumur dan pada umumnya katarak dapat dipulihkan melalui operasi. Melalui operasi ini masyarakat diharapkan dapat kembali sehat untuk bersama-sama membangun potensi wilayah mereka,” katanya, kemarin. Sepanjang tahun 2017, BCA telah memfasilitasi lima tindakan operasi katarak gratis dengan total pasien sebanyak 610 pasien. Tindakan operasi katarak gratis dilakukan di RSUD Kota Tangerang, Luwu dan Luwu Timur Sulawesi Selatan, RSUD A Diponegoro Putussibau Kalimantan Barat, RSK Lindimara dan RS Karitas Sumba NTT dan RSUD Dr H Abdul Moeloek Lampung. Selain menyelenggarakan operasi katarak gratis, BCA turut menyerahkan bantuan satu unit Phacoemulsiication Cataract Machine Intuitiv AMO dan tiga set alat pendukung operasi katarak kepada Perdami November 2017 lalu. Pada 2017 BCA juga turut berpartisipasi dalam Operasi Katarak Gratis yang diselenggarakan oleh Kick Andy Foundation Desember 2017 di Klinik Ume Manekan Soe Nusa Tenggara Timur dengan total pasien sebanyak 109. Sebelumnya pada akhir tahun 2016, BCA juga telah memberikan donasi senilai Rp500 juta kepada SPBK Perdami dalam rangka pembelian dua buah mikroskop yang dibutuhkan untuk operasi katarak gratis di berbagai daerah di Indonesia. Per Desember 2016, BCA dan SPBK Perdami telah menyelenggarakan Operasi Katarak Gratis sebanyak kurang lebih 51 kali di berbagai wilayah di Indonesia. Selain digelar di RS Mata Prima Vision Medan, BCA juga akan melaksanakan operasi katarak gratis di RS Lanud Atang Sendjaja Bogor dan RS Columbia Asia Medan 14 hingga 18 Maret 2018. “Masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan BCA. Inilah yang membuat kami ingin bersamasama membangun kesejahteraan masyarakat di sekitar kami, salah satunya untuk masyarakat Medan. Mari bersama-sama kita bangun masyarakat yang sehat dan bebas dari katarak,” tandasnya. (netty/rol)

Kadis PPPA Diminta Komitmen Tangani Masalah Perempuan dan Anak Medan | Jurnal Asia Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Brigjen (Purn) Dr Nurhajizah Marpaung SH MH meminta komitmen dari setiap Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk menangani permasalahan perempuan dan anak di setiap kabupaten/kota. Komitmen yang kuat itulah kunci utama untuk berhasil menangani permasalah perempuan dan anak. Hal ini disampaikan Wagubsu Nurhajizah Marpaung dalam sambutannya, saat membuka Diskusi Riview Indikator Evaluasi PPPA di Ruang Rapat Kaharuddin Nasution Kantor Gubernur Sumut, Selasa (13/3). Diskusi Riview Indikator Evaluasi PPPA bertujuan mengevaluasi kesiapan kabupaten/kota yang telah terpilih di tingkat provinsi untuk mengikuti pemilihan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di tingkat

nasional. Adapun kabupaten/kota yang terpilih adalah Kabupaten Langkat, Deliserdang, Serdang Bedagai, Karo, Tapanuli Selatan, Labuhanbatu Utara, Asahan, Kota Medan, dan Kota Sibolga. Wagubsu Nurhajizah mengatakan, hingga saat ini masih banyak Kadis PPPA di setiap kabupaten/kota yang tidak paham terhadap permasalahan perempuan dan anak di daerahnya sendiri. “Kadis PPPA kalau belum melihat apa yang terjadi di tengah masyarakat, jangan berani-berani menjadi Kadis. Bagaimana mau menyelesaikan masalah kalau kondisi di lapangan saja tidak tahu,” ujar Wagubsu. Untuk itu, Wagubsu meminta para Kadis PPPA di kabupaten/kota untuk melakukan langkah nyata, dimulai dengan lebih sering berkunjung ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas). “Saya sendiri sering berkunjung, baru-baru ini ke LP Tanjung Gusta.

Miris rasanya melihat banyak remaja perempuan kita sekitar 600 lebih terbelenggu di dalam penjara,” ungkap Wagubsu. Wa g u b s u b e r h a r a p d i s k u s i berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga para Kadis dan perwakilan yang hadir bisa membawa pulang hasil evaluasi dan masukan untuk dibenahi, serta ditinjau kembali di daerah. Sementara itu, Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan pada Biro Perencanaan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republlik Indonesia (Kementerian PP & PA) RI, Elita Gafar menyampaikan, evaluasi PPPA ini dalam rangka pemantauan dan kesiapan kabupaten/kota terhadap keberhasilan kinerja suatu program dan kegiatan serta permasalahan yang dihadapi terkait pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Dan ini merupakan

aspek yang sangat penting sebagai penilaian untuk mengikuti pemilihan APE. Turut hadir dalam diskusi tersebut

Kadis PPPA Provsu Hj Nurlela SH MAP, Tim Riview KPPPA RI serta mewakili para Kadis/Kaban PPPA kabupaten/ kota se-Sumut. (markus/rol)

Jurnal Asia | Ist

RAPAT PPPA. Wagubsu membuka rapat dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di ruang Rapat Kaharuddin Nasution Kantor Gubernur Sumut lantai 9, Selasa (13/3).


Rabu 14 MaRet 2018

3

MEDAN

Pemko Medan Dituding Persulit Perpanjangan Balik Nama Medan | Jurnal Asia Pemko Medan dinilai mempersulit perpanjangan balik nama SHGB PT United Rope selaku pemenang lelang barang sitaan Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) Sumut milik debitor PT Binamata Rusdy Makmur senilai Rp24,8 miliar. Pasalnya BPN Kota Medan tidak menyetujui dengan dalih PT Binamata Rusdy Makmur sebagai penerima hak masih memiliki kewajiban yang belum dipenuhi kepada Pemko Medan selaku pemberi hak. Hal itu membuat pengelolaan objek sebidang tanah seluas 1.736 m2 beserta bangunan perpakiran berlantai sepuluh di Jalan Pegadaian, Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun tersebut terhambat. “17 April 2012, PUPN Sumut dengan

Perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) melakukan lelang terhadap tanah dan bangunan tersebut dan dimenangkan oleh PT United Rope dan dilunasi 20 April 2013,” ujar Perwakilan PT United Rope, Netty Herawati Pasaribu didampingi kuasa hukumnya pada pertemuan dengan Komisi A DPRD Sumut, kemarin. Bahkan, kata dia, PT United Rope juga telah melunasi bea perolehan hak atas tanah dan bangunan dengan objek pajak dengan total BPHTP sebesar Rp1,2 miliar. Namun SHGB nomor 642/Aur atas nama PT Binamata Rusdy ternyata terletak di atas HPL nomor 3 dengan jangka waktu 20 tahun dan sudah berakhir 5 Juli 2013. HPL tersebut, lanjutnya, tidak pernah dinyatakan dalam pengumuman lelang

sebelumnya. PT United Rope juga telah mengajukan permohonan perpanjangan dan balik nama HGB kepada BPN namun Oktober 2017 pihak BPN mengembalikan berkas tersebut dengan penjelasan berdasarkan PP nomor 40 1996, HGB atas tanah HPL diperpanjang atau diperbaharui atas permohonan pemegang HGB setelah mendapat persetujuan hak pengelolaan dalam hal ini Pemko Medan. Surat Walikota Medan menjelaskan agar kewajiban PT Binatama Rusdy Makmur diselesaikan terlebih dahulu sebelum ada perpanjangan dan balik nama. Kewajiban itu antara lain pihak pertama menerima royalti sebesar Rp5 juta pertahun dari pihak kedua selama 25 tahun. Serta pengelolaan

lokasi parkir lantai I sampai Lantai 6 pihak kedua diwajibkan membayar sewa kepada pihak pertama sebesar 25 persen dari tarif parkir yang dikutip pihak kedua selama 25 tahun. Kepala KPKNL Medan, Ali Azchom menyebutkan, proses lelang yang dilaksanakan sah dan sesuai peraturan. Sedangkan Bagian Hukum Pemko Medan, Rahmah menyebutkan Pemko melakukan pemblokiran karena ada kewajiban dari PT Binatama Rusdy kepada Pemko yang belum terbayarkan. Sehingga tidak bisa dikeluarkan rekomendasi untuk perpanjangan dan balik nama. Anggota Komisi A, Brilian Moktar mempertanyakan kebijakan BPN Medan maupun Pemko Medan yang menghalangi perpanjangan dan balik nama HGB tersebut karena Pemko

Medan tidak berhak melakukan hal itu. Ia juga mempertanyakan kenapa Pemko tidak menagih kewajiban yang belum pernah diterima Pemko. “Tidak beralasan jika Pemko mempersulit PT United Rope memperoleh perpanjangan dan balik nama SHGB atas aset yang telah dibelinya lunas dan diakui negara,” katanya. Ketua Komisi A DPRDSU, Nezar Djoeli mengatakan, ada kelalaian dari pihak Pemko Medan yang menyebabkan adanya tunggakan utang besar dan pembiaran mencapai Rp12 miliar. Hal itu berdampak pada pemilik baru aset tersebut. “Karut marut Pemko dalam menertibkan HGB ini sangat merugikan rakyat. Ini merupakan malu bagi pemko Medan,” ujarnya. (isvan/rol)

Gugatan Class Action PDAM Tirtanadi Berjalan Lambat

Jurnal Asia | Ist

KENANG-KENANGAN. Wagubsu Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH memberikan kenang-kenangan berupa ulos kepada ketua Rombongan Pansus Bapak Danang Wahyu Broto di ruang EWP. Tambunan Lantai 8 Kantor Gubernur Sumut, Selasa (13/3).

Dalami Perda Ketahanan Keluarga

Pansus DPRD DI Yogyakarta Kunker ke Sumut Medan | Jurnal Asia Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Selasa (13/3). Mereka ingin mendalami Peraturan Daerah (Perda) dan praktek di lapangan tentang Ketahanan Keluarga oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara (PPPA Provsu). Rombongan Tim Pansus DPRD DI Yogyakarta yang terdiri dari 22 orang tersebut diterima Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Brigjen (Purn) Dr Nurhajizah Marpaung SH MH di Ruang Rapat EWP Tambunan Lantai 8 Kantor Gubsu, di Medan. Dalam sambutannya, Wagubsu Nurhajizah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua Tim Pansus DPRD DI Yogyakarta Danang Wahyu

Broto SE MSi beserta rombongan, karena telah memilih Sumut sebagai locus kunker. “Sebenarnya, kami pun masih banyak kekurangan di mana-mana dan masih jauh dari kata sempurna. PPPA sendiri juga baru berjalan selama setahun, semoga acara seperti ini dapat kita jadikan sebagai kesempatan untuk saling belajar dan bertukar informasi,” ujar Wagubsu Nurhajizah. Wagubsu Nurhajizah mengatakan, perempuan dan anak adalah anggota keluarga yang paling rentan mengalami kekerasan ditengah keluarga, khususnya ditengah keluarga dengan pendapatan rendah. Keadaan tersebut kemudian diperparah dengan kehadiran narkoba dan gadget. “Banyak kejadian-kejadian kekerasan dan pelecehan seksual yang dipertontonkan secara luas dan bisa diakses oleh siapapun, termasuk anakanak,” katanya.

Danang Wahyu Broro, Ketua Tim Pansus DPRD DI Yogyakarta juga menyatakan hal yang sama. Pengaruh gadget dikalangan masyarakat turut memperparah tindakan-tindakan kekerasan dan pelecehan seksual. “Menurut data BPS, Yogyakarta termiskin di Jawa dan Bali. Tindakantindakan kekerasan dan pelecehan seksual ini memperparah kondisi kemiskinan di Yogyakarta. Karenanya, kita ingin menyelesaikan permasalahanpermasalahan di Yogya, khususnya dengan antisipasi dari segi Ketahanan Keluarga,” pungkas Danang. Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kadis PPPA) Provsu Hj Nurlela, Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Indah Dwi Kumala serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. (markus/rol)

Medan | Jurnal Asia Gugatan Class Action yang dilayangkan masyarakat terhadap PDAM Tirtanadi Sumut kiranya mendapat perhatian serius dari pengadilan, sehingga proses perkara yang sudah memasuki lima bulan itu bisa segera dituntaskan. “Ini sudah cukup lama berjalan. Kita berharap agar jangan lagi ada penundaan-penundaan dari pihak tergugat. Harapan kita agar hakim, ariflah melihat perkara ini agar bisa tetap dilanjutkan,” ucap kuasa hukum penggugat PDAM Tirtanadi, Padian Adi Siregar usai menyerahkan permohonan model pemberitahuan gugatan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (13/3). Kata Padian, pihak tergugat PDAM Tirtanadi, selama ini sudah cukup sering mengulur waktu dalam proses mediasi yang diberikan PN Medan. Sehingga, terkesan pihak tergugat tidak serius dengan gugatan yang diajukan masyarakat pelanggan PDAM Tirtanadi. “Rentang waktu November ke Maret, itu waktunya sudah cukup lama. Ini harus jadi perhatian majelis, karena ini menyangkut hak pelanggan Tirtanadi yang dirugikan,” pungkas Padian Selama mediasi berlangsung, lanjut Padian, sudah dua kali pihak tergugat tidak memenuhi panggilan sidang. Kemudian pihak prinsipal dalam hal ini yang diwakili Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo juga sudah pernah dipanggil, namun tidak datang. Begitu juga saat tergugat mengajukan mediasi di luar persidangan juga, ternyata pihak tergugat masih mengulur waktu. Padian menambahkan, setelah permohonan model gugatan disampaikan, pekan depan tinggal menunggu jawaban dari pihak tergugat. “Kita sudah sampaikan model permohonannya ke majelis. Harapan kita minggu depan, ada atau tidak adanya jawaban dari tergugat kita harapkan harus ada penetapan tentang kelanjutan sidang ini. Karena memang nasib pelanggan Tirtanadi yang ada di Kota Medan menunggu dari gugatan ini,” pungkas Padian. Seperti diketahui sebelumnya, pada November 2017 lalu, sebanyak 38 advokat dari PBH Peradi Medan, mendaftarkan gugatan Class Action ke PN Medan, terkait buruknya pelayanan air PDAM Tirtanadi. Gugatan ini didasari oleh keluhan masyarakat pelanggan PDAM Tirtanadi atas terjadinya gangguan pemenuhan air yang terjadi pada 20-24 Oktober 2017 lalu. Akibat gangguan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan air, sebagian pelanggan PDAM Tirtanadi terpaksa membeli air isi ulang dan terpaksa menumpang mandi ke rumah-rumah tetangga. (markus/rol)


4

rabu 14 maret 2018

PENTAS PILKADA

KPU Ingatkan Para Bacaleg Hati-hati Tampil di Televisi

Antara | Puspa Perwitasari PEMBAHASAN PELAKSANAAN PEMILU 2019. Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman (kiri) bersama Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kemendagri Suhajar Diantoro (tengah) dan Ketua Bawaslu Abhan (kanan) mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (13/3). Rapat tersebut membahas peraturan KPU (PKPU) yang mengatur pelaksanaan Pemilu 2019, termasuk aturan pasangan capres dan regulasi untuk mengantisipasi calon tunggal di Pilpres 2019 mendatang.

Pilkada 2018

KSAD Minta Bawaslu Buktikan Keterlibatan TNI Jakarta | Jurnal Asia Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membuktikan keterlibatan prajurit dalam pemenangan pihak tertentu di Pilkada Serentak 2018. Pernyataan Mulyono itu merespons temuan Bawaslu terkait dugaan keterlibatan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri dalam pemenangan Pilkada serentak 2018. “Tunjukkan faktanya mana, orangnya mana, kapan, di mana, dan sebagainya,” ujar Mulyono saat ditemui di Jakarta, Selasa (13/3). Mulyono meminta Bawaslu tak asal menuding keterlibatan aparat, khususnya

TNI dalam pemenangan calon tertentu di Pilkada serentak 2018. Netralitas TNI sendiri secara khusus sudah diatur dalam Pasal 39 ayat 2 Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. “Jangan mengatakan TNI terlibat, tapi orangnya mana tidak tahu, ya sama saja bohong kalau begitu,” ujar Mulyono. Mulyono mengatakan, pihaknya akan mengkaji lebih lanjut jika sudah menerima laporan dari Bawaslu dimaksud. Saat ini TNI sudah melakukan segala upaya untuk menjamin netralitas dalam penyelengaraan Pilkada 2018. Jika ditemukan ada pelanggaran, maka akan ditindak lewat aturan yang berlaku. “Yakinilah bahwa kami sudah berusaha

secara institusi memberikan arahan, memberikan koridor kepada para prajurit,” imbuhnya. Sebelumnya, Anggota Bawaslu Mochammad Aifudin mengungkap ada 425 kasus dugaan keterlibatan pihak Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri dalam pemenangan Pilkada serentak 2018. “Kita mencatat ada 425 kasus pelibatan pihak-pihak yang seharusnya netral dan dilarang terlibat di Pilkada Serentak 2018,” kata Aifudin di gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Senin (12/3). Dia menjelaskan, dugaan pelanggaran itu terjadi di 14 provinsi dan 76 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang menyelenggarakan pilkada. (cnn/rol)

Bawaslu Temukan Rp14 M di Luar Dana Kampanye Paslon Pilkada Jakarta | Jurnal Asia Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan total Rp14 miliar dana kampanye yang digunakan para pasangan calon kepala daerah di tingkat kabupaten/kota dan provinsi di luar rekening resmi dana kampanye yang telah dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Dalam analisis itu ditemukan ada 14 milyar uang kampanye yang berseliweran di luar rekening khusus kampanye,” kata Komisioner Bawaslu, Muhammad Afifudin di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat. “Seharusnya dana kampanye harus memasuk dalam rekening resmi kampanye,” imbuhnya tegas. Aif menerangkan analisis yang dilakukan Bawaslu itu memperlihatkan ada total dana lebih dari Rp10 miliar yang digunakan calon kepala daerah di tingkat kabupaten/kota yang tak dimasukkan dalam rekening resmi

kampanye. “Di Pilkada tingkat kabupaten/kota itu terdapat total dana kampanye [dari] 177 paslon di luar rekening khusus [kampanye], sebesar Rp10.805.174.636,” ungkap Aifudin. Sementara itu, di tingkat calon kepala daerah provinsi, Bawaslu menemukan total dana kampanye di luar rekening resmi hampir Rp4 miliar. Itu, katanya, ditemukan di sembilan pasangan calon kepala daerah provinsi. Sembilan paslon itu adalah Said AssagafAndreias Rentanubun, Herman AdrianAbdullah Vanath, dan Murad Ismail-Barnabas Orno (Pilgub Maluku), Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar, Burhan Abdurahman-Ishak Jamaluddin, dan Muhammad Kasuba-Madjid Husein (Pilgub Maluku Utara). Lalu Ganjar Pranowo-Taj Yasin (Pilgub Jawa Tengah), Herman Deru-Mawardi Yahya (Pilgub Sumatera Selatan), dan Suhaili Fadil

Thohir-Muh. Amin (Pilgub Nusa Tenggara Barat). “Di tingkat pilgub, ditemukan dana kampanye diduga di luar rekening khusus dana kampanye dengan total keseluruhan sebesar Rp3.984.157.334,” ungkap Aifudin mendetail. Atas dasar itu, Afifudin mengatakan, Bawaslu akan memberikan peringatan tegas kepada para paslon yang diketahui menggunakan dana kampanye di luar rekening resmi yang sudah dilaporkan ke KPU. Hal itu, katanya, ditujukan agar para kandidat tertib administrasi dan keuangan kampanye dapat diawasi Bawaslu dengan baik. “Sanksinya bisa dilihat dari apa kesalahannya. Kalau itu [penggunaan dana dari rekening kampanye], kami kasih teguran dan peringatan, karena sifatnya administrasi, kecuali (uangnya) disembunyikan ya. Itu bisa masuk pidana,” kata Aifudin. (cnn/rol)

Jakarta | Jurnal Asia Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, mengingatkan para bakal calon legislatif dan calon presiden dan wakil presiden hati-hati tampil di televisi. Pasalnya, bisa saja kehadiran mereka di televisi dikategorikan sebagai citra diri yang merupakan bentuk kampanye. “Bagi (individu) yang akan maju sebagai caleg dan capres harus berhati-hati jika tampil di televisi,” ujar Wahyu kepada di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3). Wahyu mengatakan, citra diri merupakan salah satu bentuk kampanye sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat 35 Undangundang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pasal tersebut menyatakan bahwa kampanye pemilu adalah kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi dan program dan atau citra diri peserta pemilu. “Jadi, individu yang menjadi peserta Pemilu 2019 juga terkena aturan ini. Citra diri ini tidak hanya ditujukan kepada parpol, tetapi juga individu,” tandas dia. Karena citra diri merupakan bentuk kampanye, kata Wahyu, maka citra diri tersebut baru bisa dilakukan pada masa kampanye Pemilu 2019. Masa kampanye baru dimulai 23 September 2018 sampai 13 April 2019. Jika ada pihak melakukan kampanye dari sekarang sampai sebelum tanggal 23 September 2018, maka bisa dikategorikan pelanggaran kampanye karena kampanye di luar jadwal. “Jadi, para bakal caleg ini perlu berhati-hati dan harus mengetahui hal ini,” tandas dia. Lebih lanjut, dia mengatakan sudah banyaknya baliho bergambar tokoh parpol yang ditertibkan oleh Bawaslu. Pasalnya, baliho tersebut dinilai sebagai bagian dari upaya citra diri. “Sudah banyak baliho bergambar tokoh parpol yang diturunkan Bawaslu. Ini karena terkena pasal citra diri itu,” pungkas dia. (bs/rol)

KPU Mulai Desain Surat Suara Pemilu Jakarta | Jurnal Asia Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mempersiapkan desain surat suara untuk Pemilu 2019. Ini dilakukan untuk menyelaraskan bentuk, warna, dan logo partai politik dengan surat suara. Komisioner KPU, Hasyim Asyari mengatakan, surat suara merupakan alat atau sarana pemilih mengekspresikan suaranya. Bagi partai politik, surat suara dapat menunjukan ciri khasnya kepada pemilih. “KPU mendesain surat suara ini untuk menyesuaikan dengan yang dimiliki parpol terutama untuk kepentingan desain surat suara. Makanya kami ingin sinkronisasi agar sesuai,” kata Hasyim di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/3). Hasyim menjelaskan, sebagaimana diatur dalam Undangundang DPR, DPRD Provinsi Kabupaten/Kota, desain surat suara memuat tanda gambar partai, nama partai, nomor urut partai, dan nama calon. Menurutnya, KPU perlu menyesuaikan warna logo dan tanda gambar partai saat mendesain surat suara. Ini bertujuan agar tak terjadi perbedaan warna sebelum dan sesudah dicetak. “Maka itu, dalam pembahasan penyesuaian warna logo partai pada surat suara ini, kami mengundang perwakilan seluruh partai politik peserta Pemilu 2019,” kata Hasyim. Hasyim menambahkan, surat suara penting disamakan dengan yang dimiliki partai supaya tidak timbul berbagai permasalahan. “Permasalahan yang biasanya terjadi yaitu soal perbedaan warna lambang dan perbedaan pada saat dicetak. Maka penting nanti untuk disamakan,” tutur dia. Untuk menyamakan warna, Hasyim meminta parpol menyerahkan soft file gambar partai. Lalu, mengisi surat pernyataan spesifikasi warna yang ditandatangani oleh penanggung jawab. “Desain surat suara nantinya dibuat dalam format vector (coreldraw/ adobe Illustrator). Penanggung jawab partai nanti harus tanda tangan di atas materai Rp6000,” tambah Hasyim. Setelah semuanya disamakan, langkah selanjutnya adalah inalisasi desain. “KPU nantinya akan mengecek kesesuaian isi dari surat pernyataan tersebut,” tukas dia. (mtc/rol)


Rabu 14 MaRet 2018

5

EDUKASI

2,6 Juta Siswa Madrasah tak Tersentuh PIP

Pemerintah akan Perketat Sertifikasi Guru

Jakarta | Jurnal Asia Hingga saat ini masih ada 2,6 juta siswa madrasah yang belum tersentuh Program Indonesia Pintar (PIP). Padahal, program tersebut diharapkan menjangkau seluruh anak usia sekolah yang dinyatakan tidak mampu. ”Data tersebut belum terhitung yang berada di pesantren,” tutur Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah Kemenag Abdullah Faqih, kemarin. Padahal kuota yang diberikan untuk Kemenag adalah 1,6 juta anak. Data tersebut didapat sekitar pertengahan 2017. Kemenag menunggu Kementerian Sosial untuk memveriikasi data padanan yang dimiliki oleh instansi tersebut. Sebelumnya, Kemenag mencocokan data yang dimiliki Kemensos dengan data di lapangan yang membutuhkan PIP. Hasilnya ternyata masih ada banyak yang belum mendapatkan PIP. Faqih menyadari jika data penerima PIP milik Kemenag bisa berubah. Apalagi ada tahun ajaran baru. ”Kita lakukan pemadanan ulang untuk siswa baru perbulan ini,” tuturnya. Akibat dari tidak kunjungnya veriikasi data, Kemenag memiliki kebijaka baru. Yakni para siswa baru yang seharusnya menerima PIP, tidak menerima dulu. Siswa lama yang masih menerima. Selain itu, tahun ini Kemenag juga tidak langsung membagi PIP secara serentak. Namun dilihat terlebih dahulu daerah mana yang membutuhkan dan jumlahnya berapa. Dalam diskusi yang juga dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad tersebut juga membahas permasalahan distribusi PIP. Di lingkup Kemendikbud, diperkirankan masih ada 2,9 juta anak yang belum menerima. ”Permasalahannya banyak. Pernikahan dini atau sudah tidak sekolah lebih dari setahun dan akhirnya tidak mau sekolah lagi,” ujar Hamid. Masalah lainnya adalah anak tidak memiliki identitas berupa KK dan akte lahir. Hal ini tentu menyulitkan dalam pendataan dan pencairan PIP Disebutkannya Kemendikbud akan

Jakarta | Jurnal Asia Wakil Presiden Jusuf Kalla berpendapat sertiikasi terhadap guru perlu diperketat. Langkah ini sebagai bagian dari komitmen pemerintah mendapatkan tenaga pendidik yang berkualitas secara merata di seluruh daerah di Tanah Air. “Ini menjadi perhatian pemerintah, pemberian sertiikat harus sesuai, jangan asal dikasih sertiikat. Itu salah satu proses yang harus diikuti,” kata Jusuf Kalla, Selasa (13/3). Kalla mengatakan pemerintah sudah berkomitmen untuk menjaga jumlah guru agar seimbang dengan jumlah murid dan jumlah sekolah yang terus bertambah. Karena itu, Kalla menegaskan, pemerintah tidak akan melakukan moratorium pembukaan CPNS untuk tenaga pengajar. Kendati demikian, dia mengatakan penambahan jumlah guru harus tetap memperhatikan kualitas. Pengetatan sertifikasi guru merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tenaga pendidik berkualitas di tanah air. “Harus dicek baik-baik tidak semua lulusan guru itu bisa menjadi guru, harus ada rangkaian tes dan pelatihan,” ujar Kalla. Selain pengetatan sertiikasi, Kalla juga menyinggung soal penambahan jumlah guru dengan cara mengangkat guru honorer kategori (K2). Ia mengatakan pengangkatan guru honorer ini tetap harus melalui tahapantahapan yang sesuai dengan aturan. Saat ini, dia menyebutkan, mekanisme pengangkatan guru honorer saat ini tengah dibahas oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur beserta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendy. “Itu harus dengan proses yang harus diikuti, harus melalui tahapan-tahapan sekarang sedang dipersiapkan oleh Menteri PAN-RB dan dengan Menteri Dikbud,” kata Jusuf Kalla. (rep/swm)

Antara | Zabur Karuru Terima KarTu indonesia PinTar. siswa menunjukan Kartu Indonesia Pintar usai penyerahan Kartu Indonesia Pintar dan Program Keluarga Harapan oleh Presiden Joko Widodo di Gor Tri Dharma, Gresik. mempercepat penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP) 2018 bagi siswa yang duduk di kelas terakhir di setiap jenjang pendidikan. Rencananya, PIP bagi siswa tersebut akan disalurkan pada akhir Maret 2018. Kendati demikian, hingga saat ini Kemendikbud belum mengantongi data pasti berapa jumlah siswa yang akan menerima dana PIP tersebut. Sebab, menurut Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad, masih ada beberapa daerah yang belum iksasi data. “Masih dalam pendataan (jumlah siswa kelas terakhir penerima PIP tahun 2018), karena data dari dinas pendidikan setiap daerah masih berubah-ubah,” kata Hamid Hamid mengatakan, percepatan tersebut disebabkan karena siswa yang kini duduk di kelas enam SD, dan kelas tiga SMP dan SMA

atau sederajat akan segera menghadapi ujian akhir. Sehingga, pemerintah memutuskan untuk mendahulukan penyaluran PIP kepada siswa tersebut. Menurut dia, rencananya pada 2018 ini pemerintah akan menyalurkan dana PIP sebanyak 17.927.308 kepada peserta didik agar pada jenjang SD, SMP dan SMA sederajat. “Sasaran penerima yang diprioritaskan bagi peserta didik yang telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP),” kata Hamid. Karena itu, dia mendorong agar satuan pendidikan di setiap daerah mempercepat pengisian pendataan siswa yang memiliki KIP ke dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Dengan begitu, pihaknya bisa segera mengetahui jumlah pasti penerima PIP tahun 2018. (rol/swm)

Tim Ganteng ITM Juara II di Singapura Medan | Jurnal Asia Tim Ganteng Institut Teknologi Medan (ITM) berhasil meraih juara II kompetisi Sheel Eco Marathon Asia ke-9 yang diselenggarakan di Changi Exhibition Center Singapura pada 7-11 Maret 2018. Dosen pembimbing tim ganteng ITM Mahyunis, Selasa (13/3) usai kembali dari Singapura mengatakan, keberhasilan meraih posisi kedua mampu meningatkan prestasi yang diraih timnyapada kompetisi 2017. “Kami bersyukur dan senang pada tahun ini berhasil menduduki peringkat yang naik dibanding tahun lalu diposisi juara keempat,” kata Mahyunis didampingi Wakil Rektor IV Ir Mustafa MT, Ketua Jurusan (Kajur) Teknin Mesin Ir Nuriana MT dan Dosen Bahasa Inggris Sri. Meskipun menempati posisi kedua, tambah Mahyunis, namun untuk konsumsi bahan bakar Tim Ganteng mengalami penurunan prestasi, sekitar 51,9 kilometer per liter, masih di bawah Selandia Baru yang konsumsinya mencapai 103.5 kilometer per liter. Sheel Eco Marathon Asia 2018 tahun 2018 ini diikuti 18 negara, dan sebanyak 26 perguruan tinggi dari Indonesia baik negeri maupun swasta yang turut berkompitisi di level Asia itu. “Ada tiga kelas yang diikuti perguruan tinggi

Indonesia di ajang SEM Asia ini, yakni kelas listrik, gasolin dan protetif,” kata Mahyunis. Mahyunis menyebutkan, Indonesia yang diwakili oleh ITB, UGM, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan ITM berhasil menempati juara umum karena terjadi Indonesia All Final di hari terakhir. Terkait tidak diperlombakan kelas unggulan ITM bahan bakar etanol pada kompetisi 2019 mendatang, dirinya sangat menyayangkan. “Apa boleh buat itu sudah merupakan kebijakan yang dibuat penyelenggara. Begitupun kita tetap berusaha akan tampil kembali di kompetisi yang akan kembali digelar di Singapura,” tambahnya. Wakil Rektor IV ITM Ir Mustafa MT mengucapkan terima kasih kepada Tim Ganteng yang telah meraih juara II pada Kompetisi Sheel Eco Marathon 2018 Asia di Singapura. Prestasi ini menurutnya merupakan hadiah yang tinggi bagi almamater. Menurutnya, ajang ini sangat positif karena mempromosikan kampus masing-masing. Selain itu juga meningkatkan kemampuan mahasiswa pada bidang yang digelutinya. “Teruslah menggali ilmu karena akan menjadi modal memenangkan persaingan di pasar kerja setelah selesai perkuliahan,” tuturnya. (swisma)

Jurnal Asia | Ist JUARA II. Tim Ganteng ITM yang menyabet juara II kompetisi Sheel Eco Marathon Asia ke-9 di Changi Exhibition Center Singapura.


6

rabu 14 maret 2018

PERISTIWA

Toko Roti Helious Terbakar 2 Karyawan Nyaris Terpanggang

Antara |Mohamad Hamzah BKSDA SITA KERA HITAM SULAWESI . Seekor Kera Hitam Sulawesi (Macaca Tonkeana) betina bernama Inces hasil sitaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah diamankan petugas dengan jaring untuk menghindari gigitan saat akan dimasukkan ke dalam tempat penitipan sementara di Taman Wisata Tahura di Desa Ngatabaru, Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (13/3).

Kepergok, 3 Pencuri Hajar Anak Kos Medan | Jurnal Asia Gara-gara memergoki tiga pria hendak mencuri di kos-kosannya di Jalan Wiliam Iskandar/MMTC, Desa Medan Estate, Percut Sei Tuan, Rizal (22), babak-belur dianiaya kawanan pelaku. Kepada wartawan di Polsek Percut Sei Tuan, Selasa (13/3) Rizal menuturkan peristiwa yang dialaminya. Dikatakannya, penganiayaan yang dialaminya terjadi pada Sabtu (10/3) sekira pukul 22.00 WIB, di kos-kosannya. Sabtu malam itu, korban baru saja pulang dari tempat pacarnya bersama temannya Andri (21). Setibanya di tempat kos, ia melihat tiga pria tengah merusak pintu kosnya dengan

cara mencongkel. Melihat itu lantas korban mendatangi ketiga pria itu dan menanyakan kenapa berada di kosnya, bahkan merusak pintu. Karena aksi pencuriannya diketahui, membuat kawanan pencuri itu berang. Para pelaku kesal dan menganiaya keduanya. Andri yang ketakutan spontan lari meninggalkan korban sendiri. Para pelaku pun memukuli Rizal hingga babak-belur. Usai dianiaya, lantas kawanan pelaku pergi meninggalkan lokasi. Warga yang akhirnya mengetahui kejadian itu, lalu bertanya kepada korban apa yang terjadi. Melihat luka korban, warga segera membawanya ke Rumah Sakit

Haji, Medan dan dihari yang sama, korban membuat laporannya di Polsek Percut Sei Tuan. Atas laporan itu dan berdasarkan saksi di lokasi yakni Andri, teman korban yang mengenali kawanan pelaku itu, dua pelaku yakni, Eko dan Indra diringkus petugas dan dibawa ke kantor polisi guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Esoknya pelaku langsung ditangkap polisi setelah aku buat laporan bang. Kini pelaku sudah ditahan dan aku datang ke kantor polisi ini karena dipanggil oleh juper karena keluarga pelaku minta berdamai,” tutur korban Selasa sore di kantor polisi. (hendra/hut)

36,8 Kg Ganja Asal Aceh Dibakar Medan | Jurnal Asia Guna mengantisipasi adanya kemungkinan penyalahgunaan barang bukti narkotika, petugas Unit Reskrim Polsek Sunggal memusnahkan ganja kering seberat, 36,8 Kg, Selasa (13/3) kemarin. Pemusnahan barang bukti narkoba dilakukan dengan cara dibakar ini, disaksikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pancur Batu, personel Polsek Sunggal, ketiga tersangka yakni Sudirman alias Dirman alias Datok (20), M Nasri alias Adam (33), keduanya warga asal Aceh Utara, dan Syamsul Ariin (41) warga Jalan Abadi Gg. Mulia Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Sunggal, dan juga kuasa hukum ketiga tersangka. “Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dengan barang bukti ganja seberat 36.808 gram daun ganja,” ujar Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna kepada wartawan. Ia menjelaskan, dari keseluruhan barang bukti pihaknya menyisakan sekitar 192 gram daun ganja untuk barang bukti dipersidangan. “Total yang diamankan 37 Kg, dan yang dimusnahkan 36,8 Kg,” jelasnya. Mantan Wakasat Narkoba Polresta Medan ini mengatakan dalam pengungkapan ini, polisi menembak 2 orang pengedar narkoba jenis ganja di depan Hotel Maltra In, Jl Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (11/11) malam. Kedua tersangka yang ditembak karena

melawan saat dilakukan pengembangan yakni M.Nasri alias Adam (33) dan Sudirman alias Datok (20).Keduanya penduduk asal Aceh Utara. Dari pemeriksaan, lanjutnya menuturkan, diketahui kalau ganja itu disimpan di rumah seorang penarik becak motor, Syamsul Ariin (41) di kawasan Medan Sunggal. “Kemudian kita pancing bertransaksi, dan tersangka Syamsul Arifin datang lalu memberikan ganja 37 kg ganja. Total 3 tersangka diamankan,” katanya. Saat dilakukan pengembangan untuk mencari tersangka lain, Wira mengaku kalau

tersangka Datok, dan Adam berusaha melarikan diri. Polisi lalu mengambil tindakan tegas dan terukur dengan melumpuhkan kedua tersangka. Usai dilumpuhkan, keduanya lalu dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan medis. Sementara ganja ini nantinya akan dikirim ke Pekan Baru. Akibat perbuatannya, ketiganya dijerat dengan Pasal 114 (ayat 2) sub 111 (ayat 2) sub 132 (ayat 1) dari UU No.35 Tahun 2009 tetang Narkotika. Ancaman hukuman minimal 20 tahun dan maksimal hukuman mati. (bowo/hut)

Jurnal Asia | bowo PoLISI sedang membakar 36,8 Kg ganja di dalam tong.

Medan | Jurnal Asia Diduga karena kompor meleduk, Toko Roti Helious di Jalan S.Parman Medan, diamuk si jago merah, Selasa (13/3) kemarin. Tak ada korban jiwa maupun lukaluka dalam peristiwa kebakaran ini, namun 2 orang karyawan toko roti, nyaris terpanggang bila tidak lekas menyelamatkan diri dari dalam ruko berlantai 4 tersebut. Informasi dihimpun wartawan, api pertama kali muncul dari lantai 3, persisnya di tempat penyimpanan kue. Kedua karyawan yakni Budi (27) dan Bowo (21), pagi itu sekitar pukul 07.00 WIB, sedang terlelap tidur di lantai 4, mencium aroma terbakar. Setelah terjaga menghirup bau tidak sedap itu, keduanya lalu turun untuk mencari sebab asal asap itu. Tak dinanya, begitu keduanya turun ke lantai 3 ruko, asap tebal menyesaki seisi ruangan. Menyadari adanya kebakaran keduanya berusaha keluar dari dalam ruko, dan meminta tolong kepada warga sekitar. “Satpam komplek yang melihat kejadian ini, menelepon petugas pemadam kebakaran Kota Medan,” ujar Jeki (28) salah seorang warga sekitar. Mendapat laporan adanya kebakaran, 3 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. “Sekitar setengah jam api dapat dipadamkan, kabarnya api berasal dari kompor,” imbuhnya. Sementara, Kapolsek Medan Baru Kompol Victor Ziliwu menjelaskan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. “Kita memasang police line di lokasi tersebut, dan memintai keterangan dua orang saksi yakni pekerjanya,” pungkasnya. (bowo/hut)

Maling Material Bangunan Diringkus Medan | Jurnal Asia Unit Reskrim Polsek Patumbak meringkus seorang tersangka kawanan pencurian material bangunan, RS alias Gaweng (30), warga Desa Lantasan Lama, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, kemarin. Namun, dua pelaku lagi masing-masing DA dan DI lolos dari sergapan dan kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). Kanit Reskrim Polsek Patumbak, Iptu Ainul Yaqin, Selasa (13/3) menjelaskan, pencurian dilakukan tersangka dan dua temannya di bangunan rumah milik Muhammad Khotibin (44), Jalan Masjid Gang Leman, Desa Mariendal I, Kecamatan Patumbak pada Jumat (16/2) sekira pukul 17.00 WIB. “Tersangka bersama dua temannya telah mencuri, tiga pintu kayu, enam jendela kaca, dua besi tangga, 20 meter kawat pagar, satu pompa air dan seluruh kabel instalasi,” jelas Yaqin. Kata dia, pencurian itu diungkap atas dasar LP/ 110 /II/2018/SU/RESTABES/SEK PATUMBAK tanggal 16 Februari 2018. Peristiwa itu diketahui korban setelah mendapat informasi warga sekitar pembangunan rumahnya. Ketika itu, korban sedang berada di Kawasan Jalan Perum Griya Alam Hijau Desa Lantasan Lama Kecamatan Patumbak, Deli Serdang. “Ada teman korban (saksi), Iwan yang memberitahukan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) telah hilang beberapa material bangunan,” terang Yaqin. Atas informasi itu, korban langsung mengecek kondisi bangunan rumah dan melapor ke Mapolsek Patumbak. Polisi segera melakukan penyelidikan hingga mengendus keberadaan tersangka di sekitar tempat tinggalnya Desa Lantasan Lama pada Minggu (11/3). Tapi, dua teman tersangka berhasil kabur dan kini dalam pengejaran. “Bersama tersangka kita sita satu rangkai tiang besi cor. Dia dijerat pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan ancaman hukuman di atas lima tahun,” pungkas Yaqin. (ial/hut)


rabu 14 Maret 2018

7

NASIONAL

Warga Siantar Larikan Uang Arisan Rp4,2 Miliar

Antara| Muhammad Iqbal KASUS OTT PN TANGERANG. Sejumlah pegawai PN melihat ruang Panitra Pengganti berinisial TA yang disegel KPK dalam kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK di Pengadilan Negeri Tangerang, Tangerang, Banten, Selasa (13/3). Dalam OTT pada Senin (12/3), KPK mengamankan seorang Panitra Pengganti berinisial TA, seorang hakim PN Tangerang berinisial WWN, serta kuasa hukum dan pihak swasta.

KPK Ciduk Oknum Hakim PN Tangerang | Jurnal Asia Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan tujuh orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Tangerang. Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan tujuh orang yang diamankan itu terdiri dari hakim, panitera, penasehat hukum, dan pihak swasta.”Diamankan pula sejumlah uang dalam operasi kali ini,” ujarnya, Senin (12/3). Febri menyatakan dalam OTT kali ini, KPK bekerja sama dengan pengawas internal Mahkamah Agung (MA) sebagaimana yang terjadi dalam OTT di Bengkulu dan Jakarta Selatan. “Mereka diduga terlibat dalam upaya pemberian suap yang berkaitan dengan perkara perdata,” tambahnya. Juru Bicara MA Suhadi sebelumnya membenarkan bahwa ada unsur staf Pengadilan Negeri (PN) Tangerang yang turut terjaring dalam OTT. Meski demikian, dia belum mengetahui secara persis peran unsur lembaga peradilan tersebut maupun jumlah uang yang diberikan.

Menurut Suhadi, salah satu panitera di PN Tangerang yang terjaring bernama Tuti. Dia ditangkap bersama seorang pria yang diduga memberikan hadiah. Terkait hal ini, Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wajid mengatakan praktik suap, gratiikasi dan jual beli perkara di pengadilan menjadi perhatian publik karena OTT KPK. Namun, praktik tersebut juga telah lama menjadi perhatian KY. “Sekadar catatan, sejak sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) digelar oleh Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA) pertama kali di tahun 2009, kasus suap dan gratiikasi cukup mendominasi hingga sekarang,” kata Farid dalam keterangan tertulis, Selasa (13/3). Bahkan, lanjutnya, perkara ini juga selalu menghiasi sidang MKH pada setiap tahunnya. Dari 49 sidang MKH yang telah dilaksanakan, ada sebanyak 22 laporan adalah kasus suap dan gratiikasi. Menurut Farid, yang paling penting segera dilakukan adalah langkah pembersihan, pembenahan, serta pembinaan agar hal ini tak

kembali merusak citra dunia peradilan. “KY paham MA telah berupaya tegas untuk melakukan pembinaan dengan mengeluarkan maklumat yang ditandatangani Ketua MA. Pembinaan itu juga perlu diimbangi dengan menampilkan kemuliaan profesi dari pimpinan pengadilan sehingga menjadi role model atau teladan bawahannya,” lanjutnya. Terkait pengawasan, sepanjang tahun 2017, KY merekomendasikan penjatuhan sanksi kepada 58 orang hakim yang dinyatakan terbukti melanggar KEPPH. Namun, sebagai mitra, rekomendasi KY tersebut seringkali diabaikan oleh MA dengan berbagai alasan. Farid pun menyatakan menagih janji MA untuk menjaga integritas lembaga dengan berkomitmen menindaklanjuti rekomendasi sanksi yang diberikan KY. “Pengabaian rekomendasi justru akhirnya akan menimbulkan persepsi publik bila MA memegang teguh esprit de corps untuk menutupi bahkan melindungi hakim yang melanggar kode etik,” kata Farid. (bc/put)

KPK Minta Pemerintah

Terbitkan Perppu Calon Kepala Daerah Korup Jakarta | Jurnal Asia Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak sepakat dengan pemerintah melalui pernyataan Menko Polhukam, Wiranto, yang meminta lembaga antikorupsi menunda penetapan tersangka terhadap calon kepala daerah yang korup. Ketimbang harus menunda penetapan calon kepala daerah sebagai tersangka, KPK meminta pemerintah mempertimbangkan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk calon kepala daerah yang tersangkut kasus dugaan korupsi. “Lebih elegan solusinya bila sebaiknya pemerintah membuat perppu pergantian calon (kepala daerah) terdaftar bila tersangkut pidana, dibandingkan menghentikan proses hukum yang memiliki bukti cukup pada peristiwa pidananya,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang saat dikonirmasi, Selasa (13/3). Saut menegaskan, KPK tidak dapat menghentikan proses hukum jika telah mengantongi bukti permulaan yang cukup. Demikian juga halnya terhadap calon kepala daerah yang terseret kasus dugaan korupsi. Saut menyatakan menghentikan kasus

korupsi dapat berakibat menjatuhkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia. “Yang begitu tidak baik buat angka Indeks Persepsi Korupsi Indonesia yang masih jalan di tempat. Itu namanya membangun peradaban yang baik dan benar,” tegasnya. Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko polhukam) Wiranto menyebut permintaan penundaan penetapan calon kepala daerah (Cakada) sebagai tersangka oleh KPK hanya sebatas imbauan dan bukan sebagai bentuk paksaan. “Kalau kemudian enggak mau, ya silahkan saja. Namanya bukan pemaksaan kok, ini kan suatu komunikasi yang kita jamin agar Pilkada itu aman, agar Pilkada serentak itu tidak diwarnai dengan kericuhan-kericuhan. Tidak ada paksaan, semuanya imbauan,” ujar Wiranto usai menghadiri Forum Koordinasi dan Sinkronisasi bersama Purnawirawan Paskibraka Indonesia (PPI) di Milenium Hotel, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (13/3). Wiranto lalu menegaskan imbauan penundaan penetapan tersangka korupsi atas calon kepala daerah tersebut tak dimaksudkan untuk

memengaruhi ancaman pidana kepada yang bersangkutan. Dia menjelaskan, maksud dari pernyataannya itu adalah agar nantinya tidak terjadi kecurigaan atau motif politik di balik penetapan tersangka. Sehingga, ia meminta penetapan tersangka calon kepala daerah ditunda hingga pilkada selesai. “Penundaan semata-mata untuk tidak menimbulkan syak wasangka, tidak menimbulkan suatu tuduhan bahwa KPK masuk dalam ranah politik. Tujuan kita baik, bukan mencegah untuk penindakan, bukan untuk mencegah pengusutan, silahkan saja,” ujar Wiranto. Sehari sebelumnya, Wiranto mengatakan dari hasil rapat bersama para penyelenggara pemilu disepakati untuk meminta KPK menunda pengumuman calon kepala daerah sebagai tersangka kasus korupsi. “Kami dari penyelengara minta ditunda dulu lah ya, ditunda dulu penyelidikan, penyidikannya dan pengajuannya dia sebagai saksi atau tersangka,” kata dia dalam konferensi pers usai rapat koordinasi yang juga dihadiri komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). (bs/put)

Medan | Jurnal Asia Pemilik arisan online di Siantar, Sumatera Utara, Tresia Bernadetta S hingga kini belum dikteahui keberadaannya. Polda Sumut masih terus memburu perempuan yang diduga melarikan uang anggota sekitar Rp 4,2 miliar tersebut. Sebab, sejak dilaporkan oleh korbannya ke pihak kepolisian pekan lalu, pemilik arisan online tersebut langsung menghilang. “Kita masih kejar tersangka pemilk arisan online yang ada di Siantar,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Ginting, Selasa (13/3). Dikatakan Rina, kini pihak Direktorat Reskrimsus masih memintai keterangan para korban yang diperkirakan berjumlah 70 orang. “Sebanyak 9 saksi korban sudah dimintai keterangannya oleh penyidik terkait kasus ini,” tukasnya. Perlu diketahui, kasus penipuan arisan online di Kota Siantar, Sumut terkuak setelah para korban mengadu ke Polda Sumatera Utara, Senin (5/3) lalu. Sekira 70 warga yang menjadi korban bisnis arisan online merupakan warga Siantar, Jambi, Pekanbaru, Medan dan Bekasi. Korban mengalami merugian uang mulai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Untuk modusnya, pelaku menawarkan bisnis kepada para korban dengan keuntungan berlipat ganda dari uang yang disetor. (jp/put)

Pengguna Sebarkan Hoaks

Provider Medsos Diusul Kena Sanksi Denda Jakarta | Jurnal Asia Provider media sosial seharusnya ikut bertanggung jawab atas informasi palsu atau hoaks yang disebarkan para penggunanya. Hal itu dikatakan Agus Sudibyo dari Jaringan Wartawan Anti Hoaks (Jawarah) dalam diskusi “Pemberantasan Hoaks, Kepentingan Nasional dan Demokrasi Kita”, yang digelar PWI di Gedung Dewan Pers Jakarta, Selasa (13/3). Bahkan, menurut Agus, perusahaan penyedia media sosial juga bisa diberikan sanksi. “Perusahaan meraup keuntungan besar. Seyogianya mereka juga memiliki tanggung jawab lebih besar,” ujar Agus. Menurut Agus, perusahaan seharusnya menjadi objek yang ikut diperiksa saat salah satu pemilik akun diduga menyebarkan hoaks. Jika ada akun yang menyebarkan hoaks, maka provider media sosial harus menghapus konten yang dimaksud. Akan tetapi, jika provider mengabaikan setelah mengetahui atau mendapat laporan adanya konten hoaks, menurut Agus, selayaknya provider itu dikenai sanksi. Menurut Agus, salah satu yang bisa dilakukan adalah pemberian denda. Hal itu diberlakukan di negara lain. Advertisment Misalnya, setelah 1x24 jam provider mendapat laporan, maka konten atau akun tersebut harus dihapus. Jika tidak, provider dikenai sanksi sekitar Rp 250 juta. “Bagaimana pun, penyebarannya melalui media yang mereka buat. Saya kira untuk perusahaan over the top yang mencari keuntungan, denda itu paling ditakuti,” kata Agus. (kcm/put)


8

rabu 14 maret 2018

internasional

PBB: eksodus Warga Venezuela Harus Dianggap Pengungsi New York | jurnal Asia Krisis ekonomi di Venezuela semakin memburuk. Rakyat kini semakin kekurangan makanan dan obat-obatan. Eksodus besar-besaran pun masih terus terjadi. Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-bangsa (UNHCR) meminta negara-negara yang saat dialiri warga Venezuela untuk menganggap mereka sebagai pengungsi. Dalam laporan tiga halaman yang dilansir UNHCR, badan pengungsi PBB itu meminta negara-negara itu tidak mendeportasi, mengusir atau memaksa mereka kembali terkait situasi saat ini di Venezuela. “Warga Venezuela terus mengalir ke negaranegara tetangga. UNHCR mengkhawatirkan kondisi warga Venezuela di luar negara mereka berimplikasi pada mandat UNHCR,” tulis badan PBB itu dalam laporan bertajuk Guidance Note on the Outlow of Venezuelans” atau “Pedoman soal Aliran Warga Venezuela, sebagaimana dilansir Miami Herald, Senin (12/3) waktu setempat. Badan itu meminta negara-negara untuk menjamin tempat tinggal dan hak bekerja bagi warga Venezuela, meski mereka masuk secara ilegal atau tidak memiliki surat-surat atau dokumen. Pedoman tersebut tampaknya ditujukan kepada Kolombia, yang mendeportasi warga Venezuela dan membatasi mereka masuk. Bulan lalu, imigrasi Kolombia mulai meminta warga Venezuela yang baru datang untuk memperlihatkan paspor mereka. Padahal dokumen itu makin sulit atau bahkan tidak mungkin didapatkan sebagian besar orang. Warga Venezuela yang baru juga tidak mendapat izin bekerja kecuali dalam kasus khusus. Langkah-langkah tersebut, menurut otoritas Kolombia, berhasil mengurangi jumlah warga Venezuela yang masuk ke negeri itu sebesar 30 persen setiap harinya. Lebih dari satu juta warga Venezuela meninggalkan negeri itu akibat krisis ekonomi, kurangnya bahan pangan dan hiperinlasi yang menurut Dana Moneter Internasional (IMF) dapat mencapai 13 ribu persen tahun ini. Tak hanya Kolombia yang diperkirakan telah menampung lebih dari 600 ribu warga Venezuela, sejumlah negara Amerika Latin seperti Peru, Cile, Brasil dan Argentina juga mendapat aliran pengungsi dari Venezuela. Biasanya, orang-orang yang melintasi batas negara dengan alasan tidak ada makanan dan air, atau alasan ekonomi tidak diakui sebagai pengungsi. Namun UNHCR melihat perlunya

Jurnal Asia | int Ratusan orang Venezuela memadati jembatan yang menjadi pintu masuk perbatasan Kolombia. Hal serupa juga terjadi di ribuan pintu masuk lainnya. perubahan pandangan itu menyangkut warga Venezuela. Mencari Kesembuhan Seiring memburuknya krisis ekonomi di Venezuela, kian banyak warga yang melarikan diri ke luar negeri. Sebuah kelompok independen mengatakan sebanyak tiga hingga empat juta rakyat Venezeula meninggalkan Tanah Air mereka dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2017 saja, ratusan ribu dilaporkan pergi dari Venezuela. Banyak dari mereka yang tiba di Kolombia dengan berjalan kaki. Mereka mencari ruang gawat darurat dengan kondisi medis yang tidak bisa diobati oleh rumah-rumah sakit di Venezuela. Pejabat kesehatan Kolombia menyatakan 25 ribu warga Venezuela menyambangi unit gawat darurat tahun lalu, naik dari 1.500 saja pada 2015. Di rumah-rumah sakit di perbatasan seperti Cucuta, pasien terbaring berdampingan di tandu-tandu. Pejabat Kolombia memperkirakan jumlah pasien-pasien itu bakal meningkat dua kali lipat pada 2018. “Kolombia tidak bisa membayr biasa perawatan bagi setiap orang yang datang,” kata Julio Saenz, penasihat urusan migran Kementerian Kesehatan Kolombia. Ini masalah yang sangat besr,” kata dia. Presiden Venezuela Nicolas Maduro menolak menerima batuan kmanusiaan. Dia bahkan membantah negerinya mengalami krisis. Maduro khawatir jika dia memberi izin kepada bantuan

internasional bisa membuka peluang intervensi asing ke negerinya. Namun menteri informasi mengungkapkan masalah yang dialami rakyat Venezuela. Jumlah bayi-bayi dan ibu yang meninggal dunia saat melahirkan naik tajam. Penyakit seperti difteri, yang dianggap bukan lagi ancaman kesehatan, muncul kembali. Berdasarkan undang-undang Kolombia, siapa saja yang mendatangi unit gawat darurat harus dilayani tanpa memandang kewarganegaraannya. Tapi banyak warga Venezuela yang tiba dengan penyakit seperti kanker, memerlukan biaya perawatan yang sangat mahal. Selain kesehatan, kota-kota di perbatasan juga melihat kenaikan perdagangan seks, kelompokkelompok pria, wanita dan anak-anak tidur di jalanan. Michel Briceno, ibu muda yang melarikan diri ke Kolombia setelah melahirkan mengatakan dia mengambil keputusan itu setelah melihat beberapa wanita di rumah sakit Venezuela sakit dan meninggal dunia. Saat menyadari dirinya terkena inveksi, dia bersama suami, anak laki-laki dan bayi perempuannya naikbus selama 12 jam pergi ke Kolombia. Rasa sakit yang luar biasa dia tahan selama perjalanan. Jika dia masih bertahan di Venezuela, “Saya bisa saja mati,” kata Briceno. (cnn-bbc-adp)

Pertemuan Trump dan Kim Diyakini Tetap Terjadi Washington | Jurnal Asia Amerika Serikat meyakini pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un akan tetap terlaksana meski hingga kini belum ada pernyataan konirmasi resmi dari Korea Utara. “Kami sangat yakin ini akan terjadi. Tawaran sudah disampaikan dan kami terima. Korea Utara membuat beberapa janji dan kami harap mereka akan menepati janji itu dan pertemuan akan berlangsung sesuai rencana,” ujar juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, Senin (11/3). Sanders mengatakan bahwa hingga kini AS pun masih melakukan persiapan di berbagai tingkatan agar pertemuan berjalan lancar. Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, mengatakan bahwa AS masih menyusun langkah-langkah penting untuk menentukan lokasi dan cakupan pembahasan. “Masih sangat dini. Kami juga belum mendengar langsung tanggapan dari Korea Utara, tapi kami tetap menanti kabar dari mereka,” ucap

Tillerson. Sebelumnya, Korea Selatan sebagai penengah kedua negara menyatakan kemungkinan Korut sangat berhati-hati sehingga tak melontarkan tanggapan apa pun sejak mereka menyampaikan undangan pertemuan kepada Trump. “Saya rasa mereka sangat berhatihati menanggapi situasi ini dan mereka membutuhkan waktu untuk mengatur pendirian mereka,” tutur juru bicara Kementerian Uniikasi Korsel, Baik Tae-hyun. Sikap Pyongyang tersebut menjadi sorotan karena sebelumnya, media pemerintah Korut mengupas mengenai indikasi perbaikan hubungan ini, mulai dari pertemuan antara Penasihat Keamanan Korsel, Chung Eui-yong, dengan Kim Jong-un pada pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut, Kim dilaporkan menyatakan keinginan untuk mengadakan pertemuan dengan Trump yang langsung disambut baik oleh sang presiden AS. Namun,

ketika media besar dunia memberitakan keputusan bersejarah ini, Korut justru bungkam. Menanggapi situasi tersebut, Tiongkok sebagai sekutu dekat Korut meminta semua pihak untuk bersabar karena kesempatan pembicaraan ini sangat penting. “Di saat bersamaan, semua pihak harus bersabar dan menaruh perhatian, menunjukkan kebijakan politik, menanggapi segala masalah dan mengintervensi agar proses pembicaraan tetap berlanjut,” kata Presiden Xi Jinping. Sementara itu, sejak rencana pertemuan Trump dengan Kim Jong-un diumumkan pekan lalu, beredar spekulasi soal di mana lokasi pertemuan bersejarah tersebut. Meski belum ada pengumuman resmi dari kedua negara mengenai detail pertemuan, beragam kalangan, mulai dari pejabat publik terkait maupun pengamat sibuk menerka-nerka soal lokasi yang sekiranya cocok sebagai tempat pertemuan demi perdamaian di Semenanjung Korea itu. (cnn-adp)

Israel Siap Perang dengan Iran Tel Aviv | Jurnal Asia S e or a ng p e j a b a t s e ni or m i l i t e r I s r a e l mengatakan bahwa tentara Israel tengah mempersiapkan perang dengan lima front di samping dengan Iran. “Iran memicu banyak kegiatan teroris di Timur Tengah. Israel akan terus menambah kekuatan dan bersiap menghadapi konfrontasi militer di masa depan,” kata Wakil Kepala Staf Tentara Israel, Aviv Kochavi. Berbicara di upacara wisuda perwira Angkatan Laut, Kochavi mengatakan tentara Israel tengah mengantisipasi perang di lima front namun tidak menyebutkan nama pihakpihak lawan yang dimaksud dengan lima front itu. Sementara itu, Panglima Angkatan Laut Israel, Jenderal Eli Sharvit, mengatakan AL memiliki kemampuan untuk bekerja dalam kerahasiaan baik di darat dan di bawah air yang memungkinkannya untuk memperluas cakupan operasi dengan cepat. Baru-baru ini militer Israel mengintensifkan pelatihan militer di perbatasan utara dengan Lebanon dan Suriah serta di perbatasan selatan dengan Jalur Gaza yang diduduki. Israel juga mengadakan latihan militer gabungan dengan tentara Amerika di wilayahnya minggu ini. Sekitar 2.500 tentara AS dan 2.000 tentara Israel ikut serta dalam latihan yang berlangsung selama satu minggu tersebut. (vv-adp)

Soal Suriah AS Ancam Bertindak Sendiri New York | Jurnal Asia Amerika Serikat mengancam akan mengambil tindakan sepihak jika Dewan Keamanan PBB tidak bertindak soal Suriah, sama seperti yang dilakukan AS ketika melancarkan serangan rudal ke pangkalan udara rezim Suriah, tahun lalu menyusul laporan serangan kimia di negara tersebut. Ancaman tersebut disampaikan Duta Besar (Dubes) AS untuk PBB, Nikki Haley dalam sidang Dewan Keamanan PBB mengenai situasi di Suriah yang digelar pada Senin (12/3) waktu setempat di New York Amerika Serikat. “Ini bukan jalan yang kami sukai, tapi ini jalan yang telah kami tunjukkan akan kami ambil, dan kami siap untuk melakukannya lagi ... Ketika komunitas internasional terus-menerus gagal bertindak, ada waktunya ketika negara-negara terpaksa mengambil tindakannya sendiri,” ujar Haley di depan para diplomat PBB seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (14/3). Haley pun menegaskan bahwa resolusi gencatan senjata yang dikeluarkan DK PBB dua pekan lalu telah gagal. Resolusi PBB 2401 yang diadopsi DK PBB pada 24 Februari tersebut, menyerukan pihak-pihak yang terlibat konflik Suriah agar menghentikan semua pertikaian dan melakukan jeda kemanusiaan untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan, serta evakuasi para korban yang terluka. Sementara itu, Dubes Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia mengatakan bahwa sejumlah negara yang menuding pemerintah Suriah melakukan serangan senjata kimia, berupaya untuk menyiapkan landasan bagi pengerahan kekuatan terhadap kedaulatan Suriah. Ditegaskan Nebenzia, rezim Suriah punya semua hak untuk menghilangkan ancaman bagi keselamatan warga negaranya. Dia pun menggambarkan bahwa Ghouta Timur di dekat Damaskus merupakan sarang teroris. (dc-adp)


Rabu 14 MaRet 2018

9

BISNIS Jadwal Penerbangan Penerbangan Jadwal Bandara Kualanamu Rabu, Kamis,14 18Maret Februari 2018 2016

Garuda Indonesia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta GA 181 Jakarta GA 183 Jakarta GA 197 Jakarta GA 185 Jakarta GA 187 Jakarta GA 189 Jakarta GA 121 Jakarta GA 191 Jakarta GA 193 Jakarta GA 195 Banda Aceh GA 280 Surabaya GA 288 Palembang GA 266 Denpasar (via Palembang) Batam GA 270 Lampung (via Batam) GA 270 Lhokseumawe GA 7124 Sibolga GA 263 Sabang GA 7112 Gunung Sitoli GA 7116 Silangit GA 7136 Singapura GA 850

05.20 09.00 10.10 11.15 12.20 14.05 16.05 17.00 18.35 20.35 16.10 06.00 06.30 GA 266 09.20 09.20 09.55 07.30 08.50 07.00 13.20 13.30

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Banda Aceh Surabaya Palembang 06.30 Batam

GA 180 GA 194 GA 182 GA 184 GA 186 GA118 GA 188 GA 190 GA 192 GA 196 GA 281 GA 289 GA 267

08.00 09.10 10.15 11.20 13.05 15.10 16.00 17.30 19.35 22.10 18.55 19.40 16.30

JAM

GA 271

17.05

Lhokseumawe Sibolga Sabang Gunung Sitoli Silangit Singapura

GA 7125 GA 262 GA 7113 GA 7117 GA 7137 GA 851

12.15 15.20 12.10 08.20 15.20 11.45

Batik Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

09.15 12.45 18.45 05.00 11.00 18.00

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

ID 7015 ID 7013 ID 7021 ID 6884 ID 6886 ID 6890

ID 7014 ID 7012 ID 7016 ID 6881 ID 6885 ID 6891

JAM 18.00 19.35 22.25 10.20 11.50 17.20

AirAsia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

11.10 13.25 18.50 18.30 12.25 15.35 09.10 17.25 20.25 15.50 07.05 06.00

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

QZ 107 QZ 103 QZ 105 AK 299 QZ 123 QZ 125 AK 391 AK 393 AK 395 QZ 155 QZ 8041 QZ 8075

QZ 106 QZ 102 QZ 104 AK 298 QZ 122 QZ 124 AK 390 AK 392 AK 394 QZ 154 QZ 8040 QZ 8074

JAM 13.00 15.25 20.50 18.05 14.50 18.20 08.35 16.55 20.00 20.10 10.35 11.55

Wings Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

06.20 08.10 08.15 09.00 11.30 14.00 10.45 13.20 10.00 07.50 13.30 -

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

IW 1263 IW 1265 IW 1269 IW 1249 IW 1267 IW 1261 IW 1253 IW 1241 IW 1251 IW 1259 IW 1257 IW 1255

07.35 08.35 10.20 11.05 13.35 16.05 12.55 15.35 12.25 09.55 12.15 15.15

IW 1268 IW 1264 IW 1266 IW 1248 IW 1262 IW 1260 IW 1252 IW 1240 IW 1250 IW 1258 IW 1256 IW 1254

Antara | Eric Ireng BAkAl DIDEnDA. Seorang karyawan menunjukkan sejumlah pecahan uang kertas Dolar AS di tempat penukaran uang asing BI menghukum denda hingga Rp300 juta bagi individu atau korporasi tidak berizin yang membawa uang kertas asing (UkA) lintas pabean dengan nilai paling sedikit atau setara Rp1 miliar.

Tanpa Izin

Bawa Uang Asing Rp1 M bakal Didenda Rp300 Juta Jakarta | Jurnal Asia Bank Indonesia menghukum denda hingga Rp300 juta bagi individu atau korporasi tidak berizin yang membawa uang kertas asing (UKA) lintas pabean dengan nilai paling sedikit atau setara Rp1 miliar. Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 20/2/PBI/2018 mengenai pembawaan Uang Kertas Asing (UKA) ke dalam dan ke luar Daerah Pabean Indonesia yang dikutip Antara di Jakarta, Senin. Sebelum terbit peraturan tersebut, Bank Sentral hanya mencegah pembawaan UKA dengan nilai setara atau melebihi Rp1 miliar oleh individu atau korporasi yang tidak memiliki izin dan persetujuan. “Aturan yang baru diharapkan akan meningkatkan efektivitas penegakan hukum (law enforcement) terhadap pelanggaran ketentuan pembawaan UKA,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman. A d a p u n hu k u m a n d i k e c u a l i k a n bagi lembaga berizin, yaitu Bank dan penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing (KUPVA) Bukan Bank yang telah

memperoleh izin dan persetujuan dari BI. Dalam pelaksanaannya, pengawasan pembawaan UKA dan pengenaan sanksi denda di daerah pabean akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Penetapan besaran denda dan mekanisme penyetoran pada Kas Negara diharmonisasikan dengan norma yang berlaku dalam peraturan perundangundangan lainnya terkait pembawaan uang tunai, antara lain Peraturan Pemerintah (PP) No. 99 Tahun 2016 tentang Pembawaan Uang Tunai dan/atau Instrumen Pembayaran Lain Ke Dalam atau Ke Luar Daerah Pabean Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, besarnya sanksi denda yang dikenakan kepada orang (orang perorangan atau korporasi) yang tidak memiliki izin dan persetujuan adalah sebesar 10% dari seluruh jumlah UKA yang dibawa dengan jumlah denda paling banyak setara dengan Rp300 juta. Sanksi berupa denda juga akan dikenakan kepada Badan Berizin yang melakukan pembawaan UKA dengan jumlah melebihi persetujuan UKA oleh Bank Indonesia,

sebesar 10% (sepuluh persen) dari kelebihan jumlah UKA yang dibawa dengan jumlah denda paling banyak setara dengan Rp300 juta. Agusman menjelaskan penyempurnaan ketentuan pembawaan UKA diharapkan dapat memperkuat pengawasan UKA ke Indonesia. Dengan begitu, pengawasan terhadap UKA dapat mendukung efektivitas kebijakan moneter, khususnya dalam mengendalikan nilai tukar. Meskipun demikian, Agusman mengklaim, kebijakan ini bukan merupakan kebijakan kontrol devisa. Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memerlukan UKA di atas ambang batas izin Pembawaan UKA tetap dapat memenuhi kebutuhan valuta asing, secara nontunai. Pelaksanaan pengajuan permohonan izin sebagai Badan Berizin dan permohonan persetujuan kuota pembawaan UKA kepada Bank Indonesia akan berlaku sejak tanggal 4 Juni 2018. Sementara pengenaan sanksi terhadap pelanggaran PBI akan efektif berlaku pada tanggal 3 September 2018. (oz/swm)

Mendag Setop Izin Impor Bawang Putih Ilegal Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyegel gudang penyimpanan bibit bawang putih impor di Komplek Pergudangan Distribution Center, Jakarta Utara. Langkah ini diambil lantaran bibit bawang putih dijual bebas untuk konsumsi, seharusnya bibit tersebut untuk tanam. Menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Kemendag tak akan lagi memberikan izin apapun terhadap pengusaha yang produk impornya disegel itu. “Ya sudah jangan pernah lagi berhubungan, minta izin ekspor, impor, segala macam. Sudah jelas nyolong, jelas nyelundup. Ngapain lagi kita urusan dagang sama tuh orang,” kata

Enggartiasto di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (13/3). Alasannya, si pengusaha menyalah gunakan izin impor, sebab izin yang diberikan untuk bibit, tapi malah dijual untuk konsumsi. Menurut Enggartiasto, praktik ini sama saja dengan penyelundupan. “Sudah jelas itu penyelundupan, dengan alasan itu adalah bibit, tapi yang masuk bawang putih,” kata pria yang akrab disapa Enggar itu. Dia menambahkan, izin impor bibit bawang tidak diterbitkan Kemendag. Instansi yang dipimpinnya itu hanya menerbitkan izin impor untuk bawang putih konsumsi. Sebelumnya, 5 ton bibit bawang putih

diamankan Kemendag dari Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Penyegelan dilakukan di gudang importir yang berlokasi di Komplek Pergudangan Dis tribution Center, Jakarta Utara. Direktur Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Veri Anggriono Sutiarto menjelaskan, temuan produk hortikultura yang diduga diimpor secara ilegal ini merupakan jenis bibit bawang putih yang seharusnya ditanam namun malah ditemukan dijual secara bebas di pasar untuk konsumen. “Nanti kita coba lihat hasilnya. Yang kita temukan di Kramat Jati ini tidak terlalu banyak 5 ton. Kita nggak enak kok label di pasar ada segel-segel. Jadi kami amankan di gudang,” ujar dia. (dc/swm)


Rabu

10 14 MaRet 2018

BISNIS

Lion air BERANGKAT KE Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 211 JT 397 JT 207 JT 395 JT 303 JT 201 JT 387 JT 399 JT 383 JT 385 JT 203 JT 305 JT 205 JT 140 JT 295 JT 913 JT 960 JT 902 JT 196 JT 306 JT 396 JT 231 JT 131 JT 970 JT 957 JT 988 JT 932 JT 972 JT 977 JT 134 JT 132 JT 136

JAM 07.50 08.40 11.50 12.50 13.50 15.20 15.50 17.45 18.00 18.30 20.10 12.40 16.40 06.30 09.00 13.15 08.10 14.50 20.25 06.00 13.00 07.00 09.20 10.00 12.25 12.55 14.50 08.00 09.40 16.15

TIBA DARI Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 210 JT 380 JT 394 JT 302 JT 200 JT 204 JT 306 JT 398 JT 382 JT 202 JT 206 JT 396 JT 212 JT 141 JT 294 JT 911 JT 961 JT 912 JT 397 JT 197 JT 305 JT 130 JT 230 JT 956 JT 971 JT 973 JT 989 JT 974 JT 958 JT 135 JT 133 JT 137

JAM 07.20 08.20 10.20 11.10 12.10 13.10 14.10 14.40 15.10 17.20 18.30 19.45 21.50 15.30 19.30 12.35 19.10 22.15 07.05 11.05 17.40 12.20 19.25 10.50 12.15 16.00 17.10 18.30 19.50 10.20 12.00 18.40

Bulog Sumut Targetkan Serap 20 Ribu Ton Beras Petani Medan | Jurnal Asia Perum Bulog Divre I Sumatera Utara (Sumut) targetkan dapat menyerap beras petani sekitar 20.000 ton sepanjang 2018. Dan hingga Maret ini, angka serapan setara berasnya mencapai 800 ton. Kepala Bulog Divre I Sumut Benhur Ngkaimi mengatakan, pencapaian serapan 800 ton beras merupakan hal yang luar biasa dan menjadi yang terbesar dalam 10 tahun terkahir. Di tahun lalu saja, dalam periode waktu yang sama pihaknya hanya bisa menyerap 50 ton sedangkan pada 2016, realisasi sepanjang tahun hanya mencapai 500 ton. “Per 7 Maret 2018, Bulog sudah serap 800 ton beras dari petani dari beberapa daerah seperti Deli Serdang, Serdang Bedagai dan lainnya. Dengan angka serapan seperti itu, berarti ada peningkatan realisasi,” katanya,

Selasa (13/3). Menurut Benhur, peningkatan penyerapan ini didorong oleh skema serapan yang mendapat pelonggaran dari pemerintah. Selain itu, usaha Bulog mendekati kilang-kilang penggilingan padi dan hingga kini pihaknya masih menyerap beras dari penggilingan. “Untuk menyerap padi dari petani, Bulog masih bermitra dengan penggilingan. Ke depan, kami berkomitmen bisa menyerap langsung gabah petani seiring dengan rencana pembangunan sejumlah kilang di sentra-sentra padi di Sumut,” tuturnya. Bulog, lanjutnya, memberlakukan harga pembelian pemerintah atau HPP sebesar Rp9.850 untuk beras kualitas medium dengan kelembaban 14 persen plus fleksibilitas 10 persen. Maka sekarang Bulog diberi kelonggaran berupa leksibilitas hingga 20 persen

untuk beras medium. “Hingga saat ini pihaknya masih menyerap beras dengan kadar air sesuai ketentuan yakni 14 persen,” tandasnya. Secara nasional target Bulog di 2018 mampu menyerap 2,7 juta ton beras petani. Dalam Rapat kordinasi terbatas (Rakortas) kementerian terkait menyepakati agar Bulog bisa menyerap hingga 2,2 juta ton setara beras hingga Juni 2018. Bulog Sumut sendiri, sambungnya, menargetkan serapan berasnya mencapai 15.000 ton hingga Juni 2018 atau 0,67 persen dari target serapan nasional pada periode yang sama, seperti yang ditetapkan dalam Rakortas kementerian terkait. “Kami optimistis bisa mencapai target meski terbilang sangat jauh dari realisasi serapan tahun-tahun sebelumnya,” tukasnya. (netty/swm)

Sriwijaya air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 020 SJ 102 IN 9035 SJ 021

06.05 09.40 08.50 11.30 12.15

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 016 SJ 013 IN 9034 SJ 020

08.10 16.35 11.00 10.45 11.30

Silk air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Singapura Singapura

MI 233 MI 237

08.40 20.05

Singapura Singapura

MI 234 MI 238

07.55 19.20

BERANGKAT KE Subang

Firely

Flight FY 3413

JAM 10.50

TIBA DARI Subang

Flight FY 3412

JAM 10.25

Flight 3K 281

JAM 09.05

Jetstar asia BERANGKAT KE Singapura

Flight 3K 282

JAM 09.45

TIBA DARI Singapura

Malaysia airlines BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 861 MH 865

09.05 15.5

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 860 MH 864

08.25 15.1

Kenaikan Harga Pangan Bukan Ulah Kartel Jakarta | Jurnal Asia Kenaikan harga sejumlah bahan pangan ditanggapi oleh Satgas Pangan. Kepala Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan bahwa pihaknya belum menemukan adanya ulah kartel pangan yang menyebabkan naiknya harga sejumlah bahan pokok. “Kami belum lihat ada faktor kartel yang mempengaruhi distribusi (sembako),” kata Irjen Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/3). Pihaknya pun menggelar rapat

dengan Kementerian Perdagangan untuk membahas masalah ketersediaan dan distribusi telur ayam, daging sapi dan bawang putih. Terkait kenaikan harga cabai, menurut Kadivhumas Polri ini, lebih disebabkan oleh faktor cuaca. Sejumlah daerah sentra produksi cabai seperti di Magelang, Wonosobo, Temanggung (Jawa Tengah) dan Blitar (Jawa Timur) mengalami gagal panen karena cuaca buruk. “(Keberhasilan panen) cabai itu karena cuaca. Kalau cuaca buruk, tidak sempat

dipanen, cabai rusak,” katanya. Kondisi yang sama, ungkap Setyo, juga terjadi pada bawang merah yang harganya naik disebabkan oleh gagal panen akibat faktor cuaca di sentra produksi. “Di Brebes kan banjir. Kalau banjir ya rusak. Pengelolaan pascapanen penting,” katanya. Sementara kenaikan harga bawang putih disebabkan sebagian besar kebutuhan dalam negeri yang masih bergantung pada pasokan bawang putih impor. “Jadi tergantung pasokan impor,” katanya. (rep/swm)

Premium tak Naik

Citilink BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 8817 QG 831 QG 837 QG 833 QG 835 QG 143 QG 141 QG884 QG 882 QG 927

06.35 08.40 09.35 18.50 20.25 11.00 18.10 08.50 15.05 12.05

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 830 QG 836 QG 832 QG 834 QG 140 QG 142 QG 885 QG 883 QG 926

08.10 14.35 09.10 19.55 07.15 10.30 08.20 18.15 11.30

Jadwal Sewaktu - waktu dapat berubah

Antara | Adeng Bustomi HARGA SEMBAKO NAIK. Pedagang melayani pembeli di Pasar Tradisional Pancasila, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (29/12). Jelang akhir tahun, harga komoditas pangan mulai mengalami kenaikan diantaranya harga cabai rawit dari Rp12.000 menjadi Rp30.000 per kilogram, telur dari Rp18.000 menjadi Rp25.000 per kilogram sedangkan harga beras rata-rata naik berkisar Rp1.500 per kilogram, kenaikan tersebut dipengaruhi cuaca ekstrem serta kurangnya pasokan komoditas.

Pemerintah Beri Insentif ke Pertamina Jakarta | Jurnal Asia Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan, keputusan pemerintah tidak lagi mensubisidi Premium dalam APBN sudah lama dilakukan sejak 1 Januari 2015. Beban subsidi ditanggung oleh Pertamina. Arcandra mengatakan keputusan pemerintah untuk tidak menaikan harga BBM jenis subsidi hingga akhir 2019 juga sudah diputuskan oleh pemerintah. Namun ia tak menampik jika keputusan ini memang dibuat saat harga minyak mentah sedang tinggi. Oleh karena itu, kata Arcandra, pihak pemerintah sedang mencari cara atau formula apa yang bisa diberikan kepada

Pertamina terkait insentif apa yang akan diberikan. “Kita masih bahas formula apa yang sebaiknya diberikan kepada Pertamina,” ujar Arcandra di Kantor ESDM, Selasa (13/3). Meski tak disubsidi oleh APBN, porsi alokasi untuk Premium sudah diperhitungkan oleh Pertamina. Kemarin, Direktur Investasi, Perencanaan dan Manajemen Resiko PT. Pertamina (Persero), Gigih Prakoso menjelaskan satu satunya langkah yang bisa ditempuh Pertamina untuk mengatasi harga tetap untuk Premium adalah eisiensi. “Masih bisa efisiensi. Ya efisiensi di segala lini. Dari mulai procurement, dari

sisi pengadaan, banyak hal lah,” ujar Gigih Namun, kata Gigih untuk bisa tetap menjalankan investasi, pihaknya tetap meminta dukungan pemeirntah dengan melunasi piutang Pertamina. Dengan pemerintah melunasi utang utangnya kepada Pertamina, maka cash flow Pertamina bisa terus berjalan. “Walaupun harga BBM tidak naik mudahmudahan kita masih bisa pertahankan supaya kita profit. Cash flow kita tetap bicara dengan pemerintah supaya tagihantagihan bisa dibayar. Dengan demikian investasi masih ada investasi, bisa kita alokasikan investasi,” ujar Gigih. (rol|swm)


rabu 14 maret 2018

11

SAMBUNGAN 7 Kontainer ...................................................

3 Mahasiswa .............................................................................................

Namun kenyataannya pengusaha justru mengimpor jeruk dan apel dari Tiongkok. Ini tentunya sudah menyalahi prosedur. Jika dalam penyelidikan ditemukan penyalahgunaan izin, maka pihaknya akan merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk mencabut izin impor PT Suci Abadi Terang (SAT). Hukuman kepada importir PT SAT sesuai pasal 24 UU No 7 tahun 2014 adalah pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak Rp10 miliar. Izin API (Angka Pengenal Impor) importir itu bisa dicabut dan kalau dicabut baru dua tahun lagi bisa mengurus API lagi itupun kalau perusahaan tidak di “black list”. Pihaknya terus menyelidiki kasus pasokan ilegal yang dilakukan pengusaha tersebut. Buah jeruk dan apel yang disita nantinya diputuskan apakah dimusnahkan atau dibiarkan membusuk. Kepala BC Belawan, Haryo menye butkan, terbongkarnya kasus ini berdasarkan hasil penyelidikan pihaknya bersama kementrian perdagangan dan pihak karantina. Pengamanan jeruk mandarin dan apel ilegal di dalam tujuh kontainer itu dilakukan di pertengahan Februari 2018. “Begitu mendapat informasi ada barang menyalahi ketentuan dari

“Hingga saat ini telah ditangkap tiga dari target 6 tersangka yang mengatasnamakan dirinya kelompok SBH,” kata Argo di Polda Metro Maya, Jakarta, Selasa (13/3). Ia menyatakan tersangka KPS merupakan pendiri SBH yang telah berhasil meretas ribuan situs web di dalam maupun luar Indonesia dan meminta sejumlah uang melalui metode pembayaran akun PayPal dan Bitcoin dengan dalih untuk biaya jasa. Sedangkan tersangka lainnya, NA, berperan sebagai anggota SBH yang telah membantu KBS menjalankan aksi kejahatan. “Dari tersangka disita barang bukti berupa ponsel, laptop dan modem. Saat ini kedua tersangka diamakan tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Surabaya untuk dilakukan pemeriksaan,” tandasnya. Ditreskrimsus AKBP Roberto Gomgom mengatakan ada lebih dari 44 negara, termasuk Indonesia dan Amerika yang diretas komunitas Surabaya Black Hat. Negara lain yang diretas antara lain Vietnam, Cile, Kolombia, Irlandia, Iran, Ceko, Bulgaria, Perancis, Inggris, dan Jerman. A r g o Yu w o n o m e n g a t a k a n , penangkapan kelompok peretas asal Surabaya yang menamakan dirinya Surabaya Black Hat (SBH) ini berawal dari informasi yang disampaikan Biro

RRT yang akan masuk ke Sumut, BC langsung berkoordinasi dengan Kemendag dan untuk akhirnya diamankan saat sudah di gudang,” tandasnya. Kasus ini, tambahnya, merupakan kasus pertama yang dibongkar setelah keluarnya Permendag nomor 43 tahun 2017 tentang importasi produk holtikultura. Saat ini, pihaknya masih menghitung berapa kerugian negara akibat masuknya impor produk ini. “Saksi administratif termasuk bea masuk untuk perusahaan itu sekitar Rp2,7 miliar,” tukasnya. Yanto, pria yang mengaku sebagai penjaga gudang Diski Centre beralasan baru kali ini menemukan ada buah asal Tiongkok yang tak berizin. Katanya, importir menyewa gudang untuk menitipkan sementara barangnya. Namun, informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa Yanto sebenarnya adalah Humas PT Suci Abadi Te rang selaku importir nakal. Ia memiliki nama lengkap Yanto Simarmata. Sayangnya, ketika ditanyai sejumlah jurnalis apakah dirinya mewakili perusahaan, pria berambut tipis ini malah geleng kepala. Ia berdalih hanyalah penanggungjawab gudang, bukan mewakili importir. (netty/tc/put)

Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat. Argo mengatakan FBI menerima laporan yang masuk dari Internet Crime Complaint Center (IC3). FBI kemudian memonitor dugaan peretasan situs dan sistem elektronik. Ada 40 negara lebih dan 3 ribu situs dan sistem elektronik yang diretas oleh kelompok hacker. “Jadi negara-negara itu alami peretasan semua. Dengan adanya itu dicek ada 3.000-an lebih sistem elektronik yang diretas,” ujar Argo. Setelah dimonitor dan dianalisa, ternyata kelompok hacker dimaksud itu berasal dari Indonesia. Di satu sisi Polri dan FBI menjalin kerja sama, sehingga informasi itu diterima Polri. “Kemudian kami analisa hampir dua bulan berkaitan dengan informasi dari FBI itu,” ujar Argo. Polda Metro Jaya melalui Subdirektorat IV Cyber Crime Ditreskrimsus kemudian berhasil menemukan koordinat lokasi para hacker yang belakangan diketahui bernama Surabaya Black Hat. Menurut Polisi, tiga mahasiswa hacker dari Surabaya Black Hat membobol sistem perusahaan hingga pemerintah di 42 negara dengan metoda SQL Injection. Mereka tidak memerlukan waktu lama untuk membobol sistem tersebut. “Lima menit. Dia menggunakan metode SQL injection, jadi metodenya

pakai bahasa coding di belakang, jadi tidak main phising,” ujar Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Roberto Pasaribu SQL injection adalah metode yang biasa digunakan untuk menyerang database SQL server. Metode ini memanfaatkan celah yang ada dalam sistem tersebut dengan memasukkan kode berbahaya melalui halaman sebuah situs. Dalam sebuah komunitas hacker, penetration testing yang dilakukan seorang hacker merupakan hal yang lumrah. Seorang hacker yang tersertifikasi memiliki etika ketika hendak melakukan penetration testing. Penetration testing adalah sebuah tes untuk mengetahui kelemahan dalam sebuah sistem. “Tetapi menurut kami, ini pidana, karena mereka ini tidak memiliki izin dari perusahaan yang sistemnya diretas,” imbuhnya. Berdasarkan etika, ketika hendak melakukan penetration testing, seorang hacker harus meminta izin terlebih dahulu kepada perusahaan yang sistemnya akan dipenetrasi. “Mereka seharusnya memaparkan dulu identitasnya dari mana, IP address-nya yang akan digunakan (untuk penetration testing) ada berapa, misalnya ada tiga, kalau lebih dari itu berarti bukan tanggung jawab mereka,” tambahnya. (dtc/put)

Ujian Nasional .......................................................................................................................................................................... “Untuk SMK diuji melalui ujian sertiikasi kompetensi dilakukan oleh Lembaga Sertiikasi Profesi melibatkan asesor dunia usaha, industri. Karena itu UN SMK dibatasi teori kejurusan,” kata Bambang. Sedangkan UN untuk jenjang SMA dan Madrasah Aliyah (MA) akan dimulai pada 9-12 April. Ada pun mata pelajaran yang akan diujikan adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan satu mata pelajaran jurusan. Bambang mengatakan siswa bisa memilih satu mata pelajaran tergantung jurusannya. Misal, siswa jurusan IPA bisa memilih biologi, isika, atau kimia. Hal itu untuk menguji passion atau minat siswa. “Ada pilihan mapel misalnya anak IPA bisa memilih salah satu aja, bisa biologi saja atau kimia. Kenapa satu mapel kita ingin passionnya di situ lah

yang akan menekuni di situlah akan diuji,” kata Bambang. Nantinya bagi siswa yang tak dapat mengikuti UN pada tanggal yang telah ditentukan bisa mengikuti UN susulan pada 17-18 April. Sementara itu, jadwal UN untuk SMP/madrasah tsanawiyah akan digelar pada 23-26 April. Sedangkan UN susulan bagi SMP akan digelar pada 8-9 Mei 2018. Ada pun jadwal UN pendidikan kesetaraan program paket C akan digelar pada 27-30 April dan 2 Mei. Sedangkan UN susulan bagi program paket B dab C akan dilaksanakan pada 11-14 Mei. 528.373 Siswa di Sumut Bertarung Sementara itu, sebanyak 528.373 siswa di Sumut dari berbagai tingkatan SMP dan SMA sederajat siap mengikuti Ujian Nasional (UN) 2018 dari 6.284

sekolah. Pada pelaksanaannya digelar dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). “Data tersebut merupakan hasil rekapitulasi untuk peserta UN tahun pelajaran 2017/2018 tertanggal 11 Maret. Jumlah ini kita harapkan sudah inal hingga pada pelaksanaannya awal April mendatang,” kata Kadisdiksu Dr Arsyad Lubis melalui Ketua panitia UN Provsu August Sinaga SPd, SST MAP di kantor Disdiksu Jalan T Cik Ditiro Medan, Selasa (13/3). Dijelaskan August, dari total jumlah itu terdiri dari berbagai tingkatan yakni siswa SMA/SMTK/SMAK/MA dan paket C/ Aulya dan SMP/MTs/SMPTK/SMPLB dan Paket B/Wustha. Pada sistim UNBK tingkat SMP sederajat diikuti 1.786 sekolah dengan jumlah siswa 158.713 siswa. Sedangkan

jenjang SMA sederajat diikuti 2.382 sekolah dengan jumlah siswa 231.443 siswa Jadi total mencapai 4.168 sekolah dengan jumlah siswa 390.156. Sementara untuk pelaksanaan sistim UNKP tingkat SMP sederajat diikuti 1.870 sekolah dengan jumlah siswa 125.435. Untuk jenjang SMA sederajat diikuti 246 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 12.782. Jadi total seluruhnya sebanyak 2.116 sekolah dengan jumlah siswa mencapai 138.217 siswa. Disebutkan August, untuk kelancaran pelaksaan UN tersebut pihaknya melakukan antisipasi secara baik berkoordinasi dengan Telkom agar tidak terjadi gangguan pada akses internet termasuk PLN untuk tidak melakukan pemadaman listrik. August juga menambahkan meskipun demikian pada 2018, Provinsi

Sumut mengalami kemajuan terutama kesiapan sekolah untuk UNBK yang tiap tahunnya mengalami peningkatan dan diyakini semua dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Pada pelaksnaan UN rencananya digelar mulai 2-5 April untuk SMK, SMA/MA pada 9-12 April. Sedangkan UN susulan SMK/MA/SMA digelar pada 17-18 April. Jenjang SMP/MTs digelar pada 23-26 April dan UN susulan 8-9 Mei. Untuk ujian kesetaraan, UN Paket C digelar 27 April hingga 2 Mei. UN paket B mulai 4-7 Mei dan 11-12 Mei. Susulannya paket B dan C dilaksanakan 13-14 Mei. Untuk pelaksanaan UN 2018 ini, August mengimbau kepada para siswa peserta UN maupun orangtua agar serius dan sungguh-sungguh belajar dalam persiapan menghadapi UN mendatang. (dtc/put)

Langkah JR .............................................................................................................................................................................. Kendati begitu, keputusan resmi mengenai nasib Bupati Simalungun ini akan ditentukan, paling lama Jumat (16/3), dan juga tidak mustahil JR dapat maju, melihat semangatnya berjuang untuk maju di Pilgubsu 2018. “Ini bukan pendapat KPU, karena untuk pendapat KPU Komisioner harus pleno. Pendapat saya pribadi, setau saya amar putusan itu tidak ada tafsirnya. Sepanjang pengetahuan saya, yang namanya amar putusan tidak ada tafsir,” ujar Iskandar, Selasa (13/3) kemarin. Lebih lanjut ia mengatakan, selama di Jakarta kemarin, pihaknya juga berkonsultasi dengan KPU RI. “Kita juga meminta petunjuk dengan KPU RI, dan KPU RI menyampaikan ke kita jangan ragu, laksanakan keputusan (Bawaslu),” terangnya. Dijelaskannya, berdasarkan amar putusan sidang musyawarah Bawaslu Sumut nomor 2 disebutkan bahwa

memerintahkan pemohon untuk melaukan legalisir ulang fotocopy ijazah SMA milik pemohon kepada instansi yang berwenang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. “Dan yang dilegelisir SKPI, itu saya ingin pastikan konirmasi (ke Kepala Suku Dinas) yang dileges ulang fotocopy ijazah, atau SKPI.? Lalu dijawab ya hari ini kita lakukan meleges ulang SKPI, dan itu terekam ya. Berdasarkan itu kita hanya melihat bawaslu juga ikut, kemudian itu ditandatangani SKPI itu dileges 10 lembar, 7 lembar dipegang pemohon, 3 untuk arsip,” kata Iskandar. Menurutnya, KPU Sumut akan melakukan rapat pleno penetapan hasil legalisir di Suku Dinas II DKI Jakarta, 7 hari setelah amar putusan Bawaslu dilaksanakan. “Kami tidak mau dianggap ada skenario atau persekongkolan dalam proses leges di Suku Dinas DKI Jakarta.

Karena itu kami dari Komisioner KPU (termohon), bersama-sama berangkat ke Jakarta dengan pemohon (JR SaragihAnce), serta Pihak Bawaslu,” jelasnya. KPU Tak Gentar Dipidana Selain itu, KPU Sumut juga tidak gentar dengan pernyataan JR Saragih yang akan mempidanakan bila tidak meloloskannya di Pilgubsu. “Pendapat KPU soal ancaman kami mengartikan begini, kami penyelenggara pemilu hakikatnya harus melayani kepada siapa saja yang ikut pemilu. Bagi kami gak diartikan ancaman, bila ada laporan, kita siap kita datang,” ujarnya. “Terkait itu, ketua KPU Sumut sedang ada di Gakumudu, pemeriksaan saksi karena ada laporan masyarakat dugaan pemalsuan leges (Ijazah SMA JR), ketua KPU lagi diperiksa disana saksi,” sambungnya. Sebelumnya JR Saragih mengungkapkan tidak ada masalah dengan

legalisir SKPI. Ia pun merasa yakin KPU Sumut dapat menerimanya dan meloloskannya untuk ikut menjadi paslon di Pilgubsu 2018. Ketika disinggung bila nantinya mengambil sikap sebaliknya, yakni menolak SKPI dan tidak menetapkannya sebagai calon Gubernur, JR dengan tegas mengancam akan mempidanakan KPU. “Kalau dia (KPU Sumut) tidak akui (fotokopi SKPI yang dilegalisasi) akan kita adukan pidana. Karena (SKPI) itu resmi jelas. Kita akan laporkan sesuai Pasal 180 (UU No 10 Tahun 2016) , karena menghalang-halangi,” ucap JR Saragih kepada wartawan. Sesuai putusan Bawaslu Sumut, lanjut JR Saragih, KPU Sumut harus membuat keputusan dalam tiga hari setelah proses legalisasi fotokopi ijazahnya. Menurut JR Saragih, dirinya bersama Ance Selian harus ditetapkan sebagai pasangan calon Gubernur-

Wakil Gubernur Sumut. “Paling lama Hari Jumat (16/3),” imbuhnya. Meski yang dilegalisasi adalah fotokopi Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB (SKPI), JR Saragih tetap optimistis akan ditetapkan KPU Sumut sebagai calon gubernur. “Seratus persen saya yakin jadi calon , yang saya perjuangkan bukan kehendak JR Saragih, tapi membawa marwah masyarakat Sumut,” sambungnya. Optimisme JR Saragih ini juga didasari SKPI-nya telah sesuai aturan, yakni dilengkapi nomor ijazah, nilai, dan sidik jari. Dia membandingkannya SKPI digunakan calon lain saat mendaftar ke KPU Sumut beberapa waktu lalu. “Orang lain juga diterima, nomor ijazahnya tidak ada, pendaftaran tanggal 10, SKPI-nya tanggal 15, jadi dia waktu mendaftar pakai apa? Kalau (JR-Ance) dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat), kita pidanakan,” ucapnya. (bowo/put)


12

rabu 14 maret 2018

SEREMONI

Penerbangan Bali-Singapura Ditambah Jakarta | Jurnal Asia Pertemuan tahunan World Bank dan International Monetary Fund (IMF) akan digelar pada Oktober 2018. Ketua Panitia Nasional penyelenggaraan pertemuan Luhut Panjaitan mengungkapkan seluruh persiapan seperti hotel, keamanan hingga alternatif pendaratan sudah berjalan baik. Luhut menjelaskan untuk persiapan penerbangan sudah cukup baik, meskipun sempat ada masalah kekurangan kursi pesawat menuju Denpasar. “Dari Washington mereka sudah menjelaskan, sempat kekurangan seat business dan irst class, karena mereka jalan ke sini kan tidak mau pakai kelas ekonomi. Jadi kita sikapi kerja sama dengan Garuda Indonesia. Misal dari Singapura ke Bali atau sebaliknya akan ada penerbangan tambahan,” kata Luhut dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (13/3). Selain penerbangan, hotel juga sudah disiapkan untuk mengantisipasi kedatangan peserta. Karena pemesanan hotel akan memberi untung yang luar biasa ke hotel di Bali dan sekitarnya seperti Banyuwangi dan Lombok.

Menurut Luhut, selain menghadiri pertemuan, peserta juga berlibur mengajak serta keluarganya. “ B a l i jadi tujuan turis nomor satu di dunia, ya jadi orang pengen dong. Kalau di Peru ada Machu Pichu, di Indonesia ada Bali, mereka ingin lihat. Jadi saya lihat very conident semuanya yakin bisa berjalan,” imbuh dia. Kemudian, TNI dan Polri juga mengerahkan 12.000 personel untuk mengamankan jalannya pertemuan. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, rapat koordinasi panitia nasional hari ini membahas kesiapan penyelenggaraan. Menurut Sri Mulyani penggunaan anggaran tetap dilakukan dan dimonitor dengan baik. “Dari keseluruhan anggaran ini sebenarnya dinikmati oleh Indonesia sendiri. Misalnya Asian Games kita perbaiki stadion tidak hanya dipakai untuk itu saja. Sama seperti IMF-World Bank yang akhirnya bermanfaat untuk Bali sebagai destinasi wisata yang terkenal di Indonesia,” ujar dia. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan dengan hadirnya peserta akan mendorong belanja di Bali. (dc/van)

KATA PERENUNGAN Happily indeed do we live un hating among those hating men. Among many hate – illed men, thus we dwell un hating : Sungguh berbahagia kita hidup tidak membenci di antara umat manusia yang saling membenci. Di antara mereka yang penuh kebencian, kita hidup tanpa kebencian. SUKHA VAGGA XV : 197

有所求的愛,是無法永久存在的。 能夠永久存在的, 是那分無形、無染且無求的。 Cinta kasih yang menuntut imbalan tidak akan mampu bertahan lama. Hanya cinta kasih yang tanpa wujud, tanpa noda dan tanpa pamrih yang dapat bertahan selama-lamanya.

- Kata Perenungan Master Cheng Yen -

~ 摘錄自證嚴上人靜思語 ~

Susi Paparkan Kondisi Kelautan di Universitas Harvard Boston | Jurnal Asia Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berkunjung ke kampus Harvard, Boston. Ia memberi ceramah kepada para mahasiswa Harvard maupun mahasiswa Indonesia yang tengah berada di kampus tersebut. Dalam ceramahnya, Susi bercerita tentang tantangan yang ia hadapi seperti pencurian ikan, penenggelaman kapal, penyelundupan hingga perbudakan di Benjina Maluku beberapa waktu lalu. Susi juga menjelaskan dampak positif dari kebijakan yang ia lakukan seperti

peningkatan kesejahteraan nelayan, stok ikan yang meningkat dan sumbangan sektor perikanan bagi pertumbuhan ekonomi yang menggembirakan. “Kita sharing saja dengan mahasiswamahasiswa Indonesia dan beberapa mahasiswa di Harvard ini supaya mereka juga mengetahui tentang policy-policy dari pemerintah Indonesia menuju kepada sustainability daripada pembangunan perikanan Indonesia,” kata Susi usai berpidato di Harvard Kennedy School, Boston, AS, Senin (12/3). “Dan dia membuat harapan bahwa

ini akan long term policy ini terus kita pelihara dan menjaga supaya policy yang baik ini terus bisa memastikan bahwa sumber daya laut terus ada banyak dan sustainable, berkelanjutan,” katanya. Susi yang ditemani kedua anaknya, Alvy Xavier dan Nadine Pascale Kaiser, sangat bersemangat memberi penjelasan kepada anak-anak muda tersebut. Sebaliknya, beberapa kali para mahasiswa memberi applause kepada pemaparan Susi yang runut, terstruktur dan dibawakan dengan gaya yang santai namun meyakinkan. (dc/van)


rabu 14 maret 2018

13

SEREMONI

Japnas Bantu Bulog Distribusikan Bahan Pangan Jakarta | Jurnal Asia JaringanPengusahaNasional(Japnas)diperbantukan oleh Perum Bulog untuk mendistribusikan dan memasarkan bahan pangan. Keterlibatan pengusaha diharapkan dapat memperlancar distribusi bahan pangan yang dikelola Bulog ke seluruh wilayah Indonesia. Ketua Umum PP Japnas Bayu Priawan Djokosoetono mengatakan, pihaknya telah menandatanfani nota kesepahaman dengan Bulog pada Senin (12/3). “Kerja sama ini menunjukkan pengusaha Japnas bukan hanya berorientasi pada keuntungan, tapi juga kepentingan nasional,” kata Bayu, Selasa (13/3). Menurut Bayu, keterlibatan pengusaha dalam pendistribusian dan pemasaran bahan pangan akan mampu menjaga stabilitas pasokan ke daerah, sekaligus menjaga stabilitas harga tetap terjamin. Sebab, kata dia, salah satu kunci stabilitas pangan adalah distribusi yang lancar dan merata.

“Jika pendistribusiannya lancar dan mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia, stabilitas pangan akan terjaga,” ujarnya. Bayu menjamin pengusaha Japnas akan berkomitmen menjalani kesepahaman yang telah ditandatangani. Dia tak ingin nota kesepahaman hanya menjadi acara seremonial. “Kerja sama ini harus direalisasikan agar berfaedah untuk masyarakat,” ujar dia. Direktur Komersial Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh berharap nota kesepahaman dapat ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama yang sifatnya lebih teknis. “Jangan kelamaan, apalagi sebentar lagi sudah masuk bulan Ramadhan dan lebaran,” ungkapnya. Tri menjelaskan, Bulog memiliki sekitar 500 kompleks pergudangan yang bisa dimanfaatkan untuk merealisasikan kerja sama tersebut. Yang pasti, kata dia, kerja sama ini harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (rep/van)

Kemdikbud Minta Sekolah Cari Alternatif Danai UN Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meminta sekolah menengah atas (SMA) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK) mencari alternatif lain untuk mendanai penyelenggaraan Ujian Nasional (UN). Permintaan ini menyusul terlambatnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). “Sama seperti tahun lalu, kami pastikan dana BOS kembali terlambat karena perubahan mekanisme belanja langsung yang diberlakukan mulai tahun lalu untuk SMA­SMK,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad, dalam taklimat media di Jakarta, Selasa (13/3). Pencairan dana BOS pada Triwulan I 2018 karena ada regulasi yang sudah diberlakukan sejak 2017 bahwa dana BOS untuk SMA dan SMK negeri sifatnya belanja langsung. Dengan regulasi tersebut, maka pencairan dana BOS di SMA dan SMK negeri bisa dilakukan kalau sekolah sudah membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS periode sebelumnya dan itu harus mencakup semua sekolah yang ada. “Kalau ada satu sekolah yang belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban atau bermasalah, maka akan bermasalah semuanya,” jelas Hamid Muhammad. Meski demikian, lanjut Hamid, karena SMA­SMK maka sekolah diperbolehkan untuk memungut iuran dengan persetujuan dari komite. “Porsi iuran dulu yang dipakai untuk penyelenggaraan UN berbasis

kertas pensil (UNKP) dan UN berbasis komputer (UNBK)”. Dana BOS tersebut, rencananya akan digunakan sekolah untuk membiayai proktor dan pengawas ujian di satuan pendidikan. Terdapat perbedaan pelaksanaan ujian nasional tahun ini dengan tahun­ tahun sebelumnya, yakni soal isian singkat yang terdapat pada mata pelajaran matematika jenjang SMA­sederajat. Kemudian pada tahun ini, sertifikat hasil ujian nasional (SHUN) menggunakan tanda tangan digital dan biaya untuk proktor dan pengawas ujian di satuan pendidikan menggunakan anggaran yang dibebankan pada dana BOS. UN 2018 akan diikuti 8,1 juta peserta didik yang berasal dari 95.780 satuan pendidikan dari berbagai jenjang SMP sederajat, SMA sederajat dan paket kesetaraan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 78 persen peserta didik mengikuti UNBK dan sisanya UNKP. Jumlah peserta didik yang akan mengikuti UNBK pada 2018 sebanyak 6.293.552 peserta atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 3,7 juta peserta didik. Untuk jenjang SMK, UN akan dimulai pada tanggal 2­5 April 2018. Jenjang SMA­Madrasah Aliyah (MA) diselenggarakan pada tanggal 9­12 April 2018. Sedangkan untuk peserta didik yang tidak dapat mengikuti UN pada tanggal yang ditentukan dapat mengikuti UN susulan pada tanggal 17 dan 18 April 2018. (rep/van)

Jurnal Asia | Ist Band Macan Kumbang Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua membawakan lagu-lagu dalam rangka Hari Musik Nasional.

Hari Musik Nasional

Satgas Yonif 121/MK Tampilkan Band Macan Kumbang Medan | Jurnal Asia Hari Musik Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Maret setiap tahunnya bertepatan dengan hari kelahiran Wage Rudolf Soepratman yang diusulkan oleh Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Rekaman Musik Indonesia (PAPRI) dan disahkan oleh pemerintah Indonesia. Wage Rudolf Soepratman sendiri lahir pada tanggal 9 Maret 1903, beliau merupakan pencipta lagu kebangsaan Indonesia yaitu Lagu Indonesia Raya yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai Lagu Wajib Nasional yang dikumandangkan setiap melaksanakan upacara bendera. Dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional tersebut Satgas Yonif 121/MK me­ nyelenggarakan pagelaran musik dengan me­ nampilkan Band Macan Kumbang di wilayah Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua. Dengan menggunakan peralatan band dan personel Satgas Yonif 121/MK sendiri Band Macan Kumbang mempersembahkan musik dan lagu­lagu asli hasil ciptaan anak bangsa Indonesia serta lagu­lagu yang bernuansa daerah Papua. Menurut Dansatgas Yonif 121/MK Mayor Inf Imir Faishal yang di sampaikan oleh Perwira Penerangan (Papen) Satgas Yonif 121/MK Kapten Ctp Arliston Tampubolon tujuan memperingati Hari Musik Nasional selain untuk menghibur masyarakat yang ada di sekitar Distrik Mannem adalah untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap

musik nasional, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi pegiat musik Indonesia, serta meningkatkan prestasi pada tingkat nasional maupun Internasional. “Kita menyelenggarakan pegelaran musik ini untuk memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada hari ini tanggal 9 Maret 2018 selain untuk menghibur masyarakat di wilayah Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua ini juga meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik nasional, mening katkan kepercayaan diri dan motivasi pegiat musik Indonesia serta meningkatkan prestasi nasional maupun internasional,” ujar Tampubolon. Masyarakat yang hadir dalam acara pa­ gelaran musik tersebut merasa senang dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif 121/MK, masyarakat menga­ ku jarang sekali ada penyelenggaraan acara seperti ini di wilayah mereka, seperti yang dituturkan salah seorang masyarakat dari Kampung Wonorejo Distrik Mannem yang bernama Hendra Musuhi. “Saya pribadi sangat senang dengan adanya acara seperti ini dan saya juga yakin masyarakat di wilayah ini juga merasa senang dan terhibur karena memang selama ini acara seperti ini belum pernah diselenggarakan di daerah kami dan sebenarnya kami butuh hiburan seperti ini. Jadi kami sangat berterimakasih terhadap pihak Satgas Yonif 121/MK yang telah menyelenggarakan acara ini,” ungkap Hendra. (rel/van)

Pengajuan Plafon KUR Mencapai Rp 106 Triliun Jakarta | Jurnal Asia Pemerintah baru menerima Rp 106,6 triliun pengajuan plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR). Padahal pemerintah mengalokasikan Rp 120 triliun untuk KUR tahun ini. “Karena belum semua,” kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Ke­ menterian Koordinator Perekonomian Iskandar Simorangkir, Selasa (13/3). Ia menjelaskan, tahun ini pemerintah me­ ningkatkan plafon KUR dari Rp 110 triliun tahun lalu menjadi Rp 120 triliun tahun ini. Realisasi KUR tahun lalu sendiri hanya mencapai Rp 96,7 triliun. Guna meningkatkan penyaluran KUR kepada masyarakat, pemerintah melakukan kebijakan progresif dengan menurunkan suku bunga KUR dari 9 persen menjadi 7 persen. Sebenarnya, suku bunga yang diberikan adalah mengikuti pasarharga pasar yakni 17,5 persen. Namun selisih suku bunga yang ada dibayarkan pemerintah kepada bank. Itu artinya ada 10,5 persen subsidi yang dianggarkan ke APBN “Sekarang untuk KUR mikro subsidi bu­ nganya yang diserahkan pemerintah kepada bank itu 10,5 persen. Kalau untuk yang KUR kecil

itu subsidi bunganya kita berikan 5,5 persen,” kata dia. Sementara untukKUR TKI, pemerintah memberi subsidi bunga kepada bank mencapai 14,5 persen. Ada perbedaan penerimaan KUR untuk mikro maupun kecil. Ia menjelaskan, KUR mikro maksimal bisa menerima Rp 25 juta sementara KUR kecil di atas Rp 25 juta hingga Rp 500 juta. Namun, untuk KUR mikro pembiayaankuliner, pihaknya membatasi hingga Rp 100 juta secara akumulasi. “Berarti kalau Rp 100 juta dia hanya boleh memperpanjang tiga kali jika ambil Rp 25 juta. Sedangkan KUR kecil itu Rp 500 juta kita berikan,” ujar dia. Pembatasan juga dilakukan untuk KUR perdagangan. Untuk perdagangan, ia menambahkan, dibatasi akumulasinya sampai dengan Rp 100 juta. Alasannya, pada sektor perdagangan tidak memunculkan produk baru sehingga tidak ada perkembangan dan berpotensi inlasi. Sebaliknya, sektor produksi seperti pertanian, industri, perikanan maupun jasa­jasa produktif tidak diberi batasan lantaran menghasilkan produk baru. (rep/van)


14

rabu 14 maret 2018

OTOMOTIF

Perihal Sedan Murah

Suzuki Masih Amati Kondisi Pasar Sedan murah jadi wacana belakangan ini. Hal tersebut mengemuka lantaran pemerintah sempat menyampaikan rencana untuk memangkas pajak barang mewah pada sedan. Soalnya, sedan jadi mahal di Indonesia gara-gara pajak barang mewah yang dikenakan mencapai 30 persen. Hal itu membuat harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan MPV, citycar, dan lainnya. Bahasan soal sedan murah ini pun turut ditanyakan ke pihak Suzuki. Mereka mengatakan kalau hal-hal semacam ini bergantung pada minat konsumen. “Ujungnya kan konsumen yang menentukan, bukan Suzuki. Suzuki cuma lihat peluang,” kata Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales. Untuk saat ini, Suzuki termasuk merek yang masih bermain di pasar sedan. Mereka tahun lalu memperkenalkan Ciaz sebagai ganti Baleno sedan. “Secara produk juga kami punya. Ciaz itu secara produk sampai sekarang masih produksi,” kata dia.

Wacana pemangkasan pajak barang mewah pada sedan menurutnya tidak selalu berarti akan muncul sedan murah. Namun, kembali lagi, semua tergantung pada kondisi pasar. Jika ada permintaan, bisa jadi Suzuki akan bersaing di sektor tersebut. “Langkah itu supaya lebih berimbang kan karena sekarang sedan demand-nya kecil. Kalau marketnya berkembang kan, kami ikut main juga,” kata dia. Selain Ciaz, Suzuki sebenarnya juga memiliki Dzire. Mesinnya memang lebih kecil dari Ciaz yang bertipe K14B dengan kapasitas 1.373 cc. Suzuki Dzire yang muncul di India memakai mesin setara Ignis, yakni 1.197 cc. Mulai Kasih Kode Sementara itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belakangan ini tidak lagi menempatkan Swift di situs resminya. Pertanyaan pun muncul, mungkinkah versi terbaru 2018 siap meluncur? Saat ditanya mengenai hal tersebut, Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales tidak menampik. “Swift itu dalam proses studi. Studi dari banyak sudut, dari berbagai segi.

Karena kami kan basis produksi bukan hanya dari Thailand, ada India juga,” ujarnya. Alasan studi sendiri lagi-lagi terkait dengan harga. Pasalnya, kalau sudah bicara harga, maka itur-itur yang tersemat di dalamnya juga akan bergantung pada hal tersebut. “Kami lagi dalami. Fiturnya bagaimana. Yang pasti juga soal harga kan. Kalau bagus, harganya mahal, ya enggak laku juga,” kata dia. Swift memang secara harga bersaing dengan satu hatchback lagi dari Suzuki, yakni Baleno. Meski begitu, sejak awal Suzuki sudah menekankan kalau keduanya punya pasar yang berbeda. Soal perubahan, Swift terbaru akan terlihat lebih kompak. Bentuknya lebih tajam untuk menguatkan kesan sport compact car-nya sebagai pembeda segmen dengan Baleno. Bicara kompak, panjangnya akan berkurang sedikit dari Swift edisi sebelumnya, yakni dari 3.850 mm menjadi 3.840 mm. Namun pengurangan tersebut tetap memberikan ruang kabin setara. (oc/hut)

Goodyear Kembangkan Ban Khusus Mobil Listrik SeMaKin populernya mobil listrik dengan karakteristik yang berbeda, maka suku cadang pendukung seperti ban harus menyesuaikan diri. Pabrikan ban Goodyear sepertinya sudah bersiap diri untuk menyambut era mobil listrik. Di Geneva Motor Show 2018, Goodyear memamerkan ban “EicientGrip Performance with Electric Drive Technology”. Mobil listrik memiliki karakter torsi besar yang sudah siap diledakkan dari awal akselerasi. Dengan begitu, menurut Goodyear, ban konvensional akan lebih cepat habis hingga 30 persen juga dipasangkan pada mobil listrik. Dilansir Autoevolution, tujuan utama pabrikan ban saat mobil listrik keluar adalah mengurangi hambatan gulir dan membuatnya menjadi seeisien mungkin. Jarak tempuh diharapkan dapat bertambah sekaligus mengurangi polusi suara yang dihasilkan oleh ban. Belum ada informasi mengenai bocoran harga. Namun, Goodyear sedang mendekati pihak pabrikan mobil listrik, agar ban tersebut dapat disematkan sebagai kelengkapan standar. (lp6/hut)

TMAX SX Sporty

Skutik Moge Yamaha yang Ganas dan Menawan PaSar skuter matik sepertinya sedang naik daun. Pasalnya, makin banyak pabrikan yang serius menggarap motor tersebut. Hal itu diperlihatkan Yamaha yang telah merilis skutik barunya. Mengusung nama TMAX SX Sporty, motor ini merupakan generasi ketujuh dari keluarga TMAX series. Dari namanya, skuter ini dilengkapi dengan beberapa aksesori berspesiikasi racing. Beberapa hari lalu, varian ini telah diperkenalkan di Eropa. Dilansir dari website resmi Yamaha Eropa, terdapat 3 part tambahan yang disematkan untuk memunculkan kesan sporty. Pertama adalah penggunaan windscreen yang lebih pendek. Kemudian juga terdapat dudukan plat nomor sporty di spatbor belakang. Yang terakhir dan paling menarik adalah knalpot motor ini. Pabrikan asal Slovenia, Akrapovic, membuat muler khusus untuk TMAX series. Bahkan, logonya pun dibuat berbeda dengan produk Akrapovic yang lain sehingga semakin berkesan eksklusif.

Di sektor dapur pacu, motor ini masih menggunakan mesin 2 silinder DOHC berkapasitas 530 cc dengan pendingin cairan. Konigurasi tersebut mampu memuntahkan daya maksimum sebesar 33,8 kW @6.750 rpm dan torsi mencapai 53 Nm @5.250 rpm. TMAX SX ditopang dengan suspensi depan upside-down yang berpadu dengan ban 120/70 R15. Sementara di bagian belakang terpasang swingarm dan ban

R15 berukuran 160/60. Selain itu, Yamaha juga memasang Driving Mode dengan 2 pilihan, yaitu T dan S. Pada mode T, mesin motor ini akan menyalurkan tenaga yang halus. Pilihan tersebut diciptakan untuk menunjang kenyamanan berkendara di jalan perkotaan. (oc/hut)

TVS Siap Launching Apache RTR 160 Pabrikan sepeda motor yang bermarkas di India, TVS, memang tak ada matinya. Berdasarkan drivespark, mereka akan merilis Apache RTR 160 besok (14/3). Generasi baru motor ini akan memiliki desain dan itur baru. Apache RTR 160 sempat terlihat beberapa kali saat diuji di jalanan India. Dan jika dilihat dari spy-shot yang beredar, desain motor ini serupa dengan Apache RTR 200 4V. Hal itu dilakukan supaya tetap bisa berada dalam persaingan. Secara garis besar, motor ini memiliki tampilan meruncing. Menilik dari RTR 200, motor bergenre naked sport ini akan memiliki desain gambot. Mengutip sumber yang sama, Apache RTR 160 diperkirakan akan sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Tak hanya desain, rangka dan teknologi motor baru ini akan mengalami perubahan yang signiikan. Generasi baru Apache RTR 160 akan dibekali single piece handlebar, panelmeter digital, dan monoshock suspension di bagian belakang. Tak hanya itu, TVS akan memiliki dual-port exhaust muler serta lampu belakang dengan teknologi LED. TVS pun akan menggunakan ABS sebagai standar keamanan produk mereka. Sayangnya, belum ada kabar bahwa motor ini akan dipasarkan di Indonesia. Nantinya, motor ini akan bersaing dengan Bajaj Pulsar NS160, Suzuki Gixxer and Honda CB Hornet 160R. Sedangkan mode S akan membuat TMAX lebih responsif. Pabrikan berlogo garputala itu mengklaim bahwa dengan mode tersebut akan meningkatkan akselerasi. Untuk memastikan motor menjejak ke aspal dengan baik, terpasang pula Traction Control System. Teknologi ini membuat TMAX tetap pada performa terbaiknya dalam segala kondisi jalan.(oc/hut)


RABU 14 MARET 2018

15

RAGAM BUKA PROGRAM. Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH saat membuka program Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Langkat yaitu Launching Madrasah Menghafal Al-Quran dengan ditandai pemencetan tombol.

Walikota Buka Mtq Kelurahan Nan Balimo

Pelajar Madrasah Pioner Kebanggaan Bangsa Langkat | Jurnal Asia Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH secara langsung membuka program Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Langkat, yaitu Launching Madrasah Menghafal AlQuran dengan ditandai pemencetan tombol bel, bertempat di Madrasah Aliyah Negri (MAN) 1 Stabat, Senin (12/3). Ngogesa dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan, program ini sebuah tantangaan yang akanmengangkat harkat martabat madrasah agar menjadi lembaga yang semakin terhormat dan unggul, baik pada jajaran Kemenag Langkat khususnya dan kepada parapelajar umumnya. “Maka Jangan sampai program ini hanya sebatas slogan, sebatas seremony atau ikut-ikutan

saja,”harapnya. Mesti dengan penuh kesungguhan, Lanjut Bupati Langkat, program ini harus benar direalisasikan secara serius dan bertanggung jawab dengan kesadaran yang tinggi, baik bagi tenaga pendidik maupun administrasi juga bagi seluruh pelajarnya. “Sebab Saya yakin jika program ini benar – benar dijalankan akan melahirkan para pelajar madrasah yang dapat menjadi pioner kebanggaan bagi bangsa ini, terkhusus didalamnya kebanggaan bagi Kabupaten Langkat,”ujarnya yakin. Di sela acara, terselip momen yang mengharukan. Tak terbayangkan keberkahan didapatkan oleh Avip Ilhamsyah seorang guru honorer MAN2 Tanjung Pura yang telah mengabdi selama 4 tahun diberikan kesempatan oleh Bupati untuk pergi

haji ke tanah suci. Kepala MAN 1 Stabat Sugiono selaku ketua panitia menyampaikan, kegiatan ini bermula dari program Kementrian Agama Kabupaten Langkat yang dilaksanakan oleh Forum Pengembangan Madrasah yang diketuai oleh Idris Sag MA.“Program ini juga sebagai standar kelulusan bagi siswa madrasah,” jelasnya. Sugiono menjelaskan, kategori penghafalan Raudatul Athfal (RA) 17 ayat, Madarsah Ibtidaiyah (MI) juz 30, Madarsah Tsanawiyah (MTS) juz 30 dan juz 1 sedangkan Madarsah Aliyah (MA) juz 30, juz 1 dan juz 2. “Hal ini untuk mendukung Madrasah menjadi lembaga pendidikan yang hebat dan bermartabat di antara sekolah umum lainya,”sebutnya. (menanti ginting/nas)

Info Duka Cita Kota Medan Balai Persemayaman ANGSAPURA | Jl. Waja No. 2-4, Medan | Telp. 7345503-7364202 Blok

Nama

Tutup Jenis Usia Kelamin

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

6

LIE CHANG LUNG 70

Lk

12 Mar

16 Mar

10.00

Diperabukan Tanjungmorawa

Jl. Tangguk Bongkar II No. 2 B Medan

9

72

Lk

13 Mar

16 Mar

10.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Bakaran Batu No. 28 A Medan

Pr

10 Mar

14 Mar

10.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Timur Baru No. 4 K/12 Medan

12 Mar

16 Mar

12.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Imam Bonjol No. 16 B Medan

11 Mar

16 Mar

09.00

Dikebumikan Tie Cang Tien

Jl. Rajawali No. 88 H Cemara Asri - Medan

VIP E

THUNG SAI CU

90

VIP G

SE GIOK SIN

90

VIP L

TJOA PAU CEN 103

Pr

BLOK 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 3A, VIP A, B, C, D, F, H, J, K KOSONG

Solok | Jurnal Asia Walikota Solok H Zul Elian membuka MTQ Nasional ke 38 Tingkat Kelurahan Nan Balimo, di Mesjid Nurul Huda Tembok. Turut hadir Camat Tanjung Harapan Zulkarnaini, Lurah Nan Balimo Edi Sadarma Putra, Tim Juri, Ketua LPMK Kelurahan Nan Balimo H Suhatmi Tole, Ketua RW/RT, Pengurus Masjid dan para kailah MTQ serta jemaah masjid lainnya. Walikota dalam sambutannya mengajak para qori dan qoriah serta jamaah memperdalam dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap Al Quran. “Mari kita perkuat komitmen untuk memperdalam dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap Al Qu’an”, ajak Wako. Dalam sambutannya, Camat Tanjung Harapan Zulkarnaini mengharapkan,

semua harus ikut mensukseskan kegiatan MTQ. “Sejalan dengan program Pemko Solok menjadikan Kota Solok sebagai kota yang beriman dan bertaqwa, maka kita muliakan dan ramaikan mesjid”, harap Camat. Kegiatan yang dilaksanakan dua tahun sekali ini, selain dipusatkan di Mesjid Nurul Huda juga dilaksanakan di seluruh mesjid yang ada di Kelurahan Nan Balimo. Kegiatan ini didanai dari APBD Kota Solok yaitu DPA Kecamatan Tanjung Harapan dan dari sumbangan masyarakat Kelurahan Nan Balimo serta bantuan dari stakeholder lainnya. Lurah Nan Balimo Edi Sadarma Putra sangat bersyukur acara pembukaan ini dapat berjalan dengan lancar. “Mudahmudahan kegiatan ini juga akan sukses sampai acara penutupan nantinya”, ungkap Edi mengakhiri. (eli)

PEMBUKAAN. Walikota Solok H Zul Elian membuka MTQ Nasional ke 38 Tingkat Kelurahan Nan Balimo di Mesjid Nurul Huda Tembok.

Peletakan Batu Pertama StIt Batubara Batubara|Jurnal Asia Pjs Bupati Batubara Muhammad Faisal Hasimy melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Batubara di Jalan Barong-barong Desa Empat Negeri Kecamatan Lima Puluh, Selasa (13/3). Turut hadir Rektor UIN Sumatera Utara Prof Dr KH Saidur Rahman MAg,tokoh agama,tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Muhammad Faisal mengatakan, Batubara akan maju dimasa akan datang kembali bagaimana cara untuk memimpinnya. “Maka kita semua bersama-sama membangun Sumatera Utara begitu juga Batubara yang tercinta

ini,”terangnya. Ia berharap kalau ada persoalan selesaikan dengan musyawarah dan mufakat karena mengambil sebuah keputusan seharusnya bermusyawarah. “Semuanya untuk kebaikan Batubara kedepannya. Membangun sebuah daerah kita harus bergandengan tangan saling bekerjasama memikirkan yang terbaik sehingga pembangunan terus berpacu,”ujarnya. Ketua STIT Batubara Dr H Erwan Effendi SSos MA mengatakan, STIT ini kebanggaan masyarakat Batubara. “Maka mari kita bekerjasama memikirkan kelanjutan pembangunnya,”imbuhnya. (raka/nas)

Rumah Duka MEDAN MURNI | Jl. Williem Iskandar No. 321, Medan | Telp. 6621388 Blok

Nama

TULIP D

YOU BAN HOK

Tutup Jenis Usia Kelamin 67

Lk

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

10 Mar

14 Mar

12.00

Dikebumikan

Jl. Krakatau Bukit Barisan II

TULIP A, B, C; LAVENDER A, B, C; JASMINE A, B, C, D; ANGGREK A, B, C KOSONG

Harga Iklan Untuk Berita Duka Cita, Turut Berduka Cita dan Ucapan Selamat (Hitam Putih):

Ukuran : 1 halaman Rp. 2.592.000 | 1/2 halaman Rp. 1.296.000 | 1/4 halaman Rp. 648.000 | 1/8 halaman Rp. 324.000 Informasi pemesanan iklan dan penawaran khusus selama masa promosi, silahkan hubungi Ichandra: 0811 6398 989

FOTO BERSAMA. Pjs Bupati Batubara Muhammad Faisal Hasimy foto bersama pejabat dan panitia peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Batubara di Desa Empat Negeri Kecamatan Lima Puluh, Selasa (13/3).


16

Rabu 14 MaRet 2018

SUMBAGUT

Walikota Tanjungbalai Tinjau Media Centre

Jurnal Asia | negos

SINDIKAT NARKOBA. Tersangka sindikat narkoba yang dioperasikan bandar dari Lapas Kotapinang dan Lapas Labuhanbatu.

Polisi Ungkap Sindikat Narkoba di Lapas Kotapinang Labusel | Jurnal Asia Polres Labuhanbatu berhasil mengungkap peredaran narkoba yang dikendalikan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kotapinang dan Lapas Rantauprapat Labuhanbatu. Dari pengungkapan itu, petugas mengamankan 1,6 ons lebih sabu dan 2.176 butir pil ekstasi serta mengamankan 5 tersangka dari lima tempat terpisah. Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang mengatakan, pengungkapan berawal dari tertangkapnya Rudiansyah alias Rudi pada Jumat (9/3) di Lingkungan Kampung Baru Kelurahan Kota Pinang Kecamatan Kota Pinang, Labuhanbatu Selatan. “Barang bukti yang diamankan yakni 6 bungkus sabu seberat 1,89 gram bruto, 8 bungkus plastik klip kosong dan 1 kotak permen doublement tempat sabu, 3 buah pipet, 1 buah jarum suntik, 1 buah kaca pirek serta 1 unit HP,” jelas Kapolres didampingi Kasat Narkoba AKP Jamakita Purba, Senin (12/3). Menurut pengakuan Rudiansyah alias Rudi, narkotika itu diperolehnya dari Aspan Efendi Hasibuan. Berselang setengah jam, Aspan Efendi Hasibuan dan

Ardiansyah Hasibuan alias Dian berhasil dibekuk. Dari Aspan Efendi Hasibuan diamankan 2 unit HP sebagai barang bukti. Sedangkan dari Ardiansyah Hasibuan alias Dian diamankan 5 bungkus plastik klip tembus pandang berisi 2.172 butir pil ekstasi warna hijau, 1 bungkus plastik klip berisi 4 butir pil ekstasi berwarna orange dan 1 bungkus plastik klip besar berisi sabu seberat 100 gram (1 ons) bruto, 1 bungkus plastik klip sedang berisikan sabu seberat 5 gram, 1 bungkus plastik klip berisikan sabu seberat 0,9 gram bruto, 1 unit hp merk nokia warna hitam, 1 unit timbangan elektrik dan 1 buah tas pinggang. Selanjutnya, Ardiansyah Hasibuan alias Dian mengaku memperoleh sabu dari Suhermadi Tanjung. Sedangkan pil ekstasi diperoleh dari wanita yang bernama Siti atas suruhan dari Abdullah Sai’i Hasibuan alias Ucok Jigrak yang sedang menjalani hukuman penjara di Lapas Kotapinang. Keesokan harinya, Sabtu (10/3) pukul 07.00 Wib di Dusun Sidodadi Desa Pematang Seleng Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu dilakukan penangkapan Suhermadi Tanjung dengan barang bukti 2 unit hp dan uang sebesar

Rp1 juta. Berselang 2 jam kemudian, kembali dilakukan penangkapan terhadap Abdullah Sai’i Hasibuan alias Ucok Jigrak di Lapas Kotapinang dan ditemukan barang bukti 2 unit HP. Tidak hanya sampai di situ, polisi pun mengembangkan pengakuan Suhermadi Tanjung yang mengaku bahwa sabu 100 gram (1 ons) lebih yang dia serahkan kepada Ardiansyah Hasibuan alias Dian berasal dari Hotma Manurung yang sedang menjalani hukuman penjara di Lapas Lobusona Rantauprapat. Polisi pun menangkap Hotma Manurung dari Lapas Lobusona Rantau Prapat sekitar pukul 13.00 wib. Dari Hotma diamankan 2 unit HP. “Setelah kita amankan jaringam ini, seluruh tersangkanya kita bawa ke Sat Narkoba Polres Labuhan Batu,” ujar Frido. Menurut warga Asan HSB sudah pernah ditahan berapa tahun lalu dengan kasus yang sama. “Mungkin pelaku memang bandar, makanya dia mengulangi perbuatannya,kita heran masak sudah pernah masuk penjara karena Narkoba gak kapok,”katanya. (negos/nas)

Tanjungbalai | Jurnal Asia Walikota Tanjungbalai M Syahrial SH MH meninjau media centre dan e-planing yang dipersipkan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Senin, (12/3). Walikota didampingi Kepala Bappeda Ir H Ahmad Solihin MM, Kepala Dinas Kominfo Drs Walman Riadi P Girsanng MAP dan sejumlah pejabat terkait lainnya. Pada kesempatan itu, Walikota memberikan sejumlah masukan terkait penataan ruangan, akses aplikasi dan mengecek kondisi berbagai

informasi. Dia berharap, semua persiapan dapat diselesaikan tepat waktu sebelum launching nantinya dan yang paling terpenting media centre ini dapat menjadi jendela informasi bagi seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah ) terlebih masyarakat Tanjungbalai guna melihat berbagai program kegiatan Pemko Tanjungbalai mulai dari kelurahan, kecamatan maupun yang tertuang dalam Ee-planning dan rencananya khusus mengenai APBD melaui budgeting. (sad/adisastra/nas)

Pemuda Harus Dapat Kembangkan Bakat Kewirausahaan Langkat | Jurnal Asia Guna pengembangan kewirausahaan pemuda Langkat, dibutuhkan penelusuran minat, bakat dan penggalian potensi yang ada, baik potensi pada diri dan wilayah sekitar tempat tinggal. Hal itu dikatakan Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin Mkes MM mewakili bupati, dalam arahan pada apel gabungan ASN jajaran Pemkab Langkat di Halaman Kantor Bupati Langkat, Senin (12/3). Sekda menjelaskan, kewirausahaan merupakan salah satu dimensi penting dalam membentuk jiwa pemuda Indonesia disamping jiwa kepemimpinan dan kepeloporan, sebagai mana termuat dalam tujuan pembangunan kepemudaan pasal 3UU no. 40 tahun 2009. Kewirausahan pemuda perlu dikembangkan untuk mendorong kemandirian pemuda dibidang ekonomi, mengingat tingkat pengaguran di Indonesia saat ini masih cukup

tinggi. “Jadi dengan adanya penelusuran minat, bakat dan potensi yang ada diharapkan program kewirausahan yang akan dikembangkan mendapat dukungan sepenuhnya dari pemuda dan tepat sasaran,”ujarnya. Sekda menambahkan, pelatihan pemuda kewirausahan salah satu upaya untuk menambah kualitas pemuda Indonesia, dalam rangka meningkatkan daya saing dan kemandirian untuk mendongkrak kesejahteraan bangsa.“Agar pemuda Indonesia dapat memajukan daya saing bangsa di tengah persaingan global, sehingga mampu meningkatkan nilai tambah kualitas hidup dan kesejahteraan,” ujarnya. Apel gabungan dihadiri oleh para Staf Ahli Bupati Langkat para Asisten Setdakab Langkat dan kepala OPD serta ASN di jajaran Pemkab Langkat. (menanti ginting/nas)

Gara-gara Medsos PNS Berurusan dengan Polisi Labusel | Jurnal Asia Seorang PNS ditahan Polres Labuhanbatu akibat menyebarkan ujaran kebencian lewat media sosial. Tersangka SPM (51) pegawai pada salah satu dinas di Pemkab Labusel. Lelaki itu dituduh melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan melalui media sosial (medsos). Sesuai laporan Polisi Nomor: LP/275/II/2018/SU/Res-LB tanggal 26 Februari 2018 dengan pelapor Nanang Azhari Harahap Wakil Ketua DPC PDI-P Labuhanbatu Selatan.”Sesuai laporan tersebut, Polres Labuhanbatu melakukan penyelidikan dan penyidikan dan diketahui bahwa pemilik akun

Facebook adalah tersangka SPM yang merupakan pegawai di salah satu Dinas di lingkungan Pemkab Labusel sesuai juga dengan foto proilnya di akun Facebook miliknya. “ Te r s a n g k a m e n g a k u i , a k u n Facebook tersebut miliknya,” ucap Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, Senin (12/3). Dari tersangka, polisi mengamankan barang bukti tiga lembar kertas foto hasil screenshoot akun Facebook atas nama tersangka, satu buah flash disk berisi video berdurasi 25 detik, satu unit HP android merek Xiaomi Type X4 warna hitam berikut 2 buah kartu SIM Telkomsel. Berdasarkan keterangan para ahli, lanjut Kapolres, yakni ahli bahasa, ahli tulisan, dan ahli ITE menyebutkan,

tersangka pemilik akun tersebut dibuktikan telah melakukan tindak Pidana pasal 45 huruf A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) dari UU No.19 Tahun 2016.”Modus operandi tersangka dengan menggunakan HP miliknya dan membuka akun Facebook lalu melihat postingan orang lain An. Andry Moksa yang membagikan kiriman kepada Suara Rakyat Indonesia. Kemudian tersangka membagikan postingan tersebut,” ujarnya. Kapolres menghimbau agar masyarakat tidak mudah terpancing atau terpengaruh dengan postingan-postingan di media sosial. “Masyarakat harus lebih jeli dalam hal bermedia sosial. Selidiki dan cermati dengan baik atas apa yang dilihat dan diperoleh,” jelasnya.

Diketahui, tersangka membagikan postingan orang lain berupa video singkat sekitar berdurasi 25 detik berisi tulisan ujaran kebencian ke Partai PDI-P. Sehingga pelapor

bersama rekannya mendatangi Mapolres Labuhanbatu untuk melaporkan tersangka atas postingan yang dilakukan tersangka. (negos/nas)

Jurnal Asia | negos

TERSANGKA ujaran kebencian saat di Polres Labuhanbatu.


Rabu 14 MaRet 2018

17

sumbagut

Satpol PP Tindaklanjuti Instruksi Walikota Tanjungbalai

Jurnal Asia | robet

MENERIMA LAPORAN. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj Siti Awal Pangonal Harahap saat menerima laporan tertulis dari Ketua TP PKK Desa Sei Pegantungan Kecamatan Panai Hilir dalam acara supervisi.

Lingkungan bersih Harus Djaga Rantauprapat|Jurnal Asia Upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat (LBS) harus dilakukan secara berkesinambungan dan tidak hanya bersifat insidental ketika saat mengikuti ajang perlombaan semata. Kondisi lingkungan bersih dan sehat harus dijaga secara berkelanjutan dengan memulainya dari diri sendiri, khususnya dalam lingkungan keluarga sehingga lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman dapat terwujud. Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny Hj Siti Awal Pangonal Harahap dalam kunjungan supervisi lomba lingkungan bersih dan sehat di Kantor Kepala Desa Sei Penggantungan, Senin (15/3). Selain itu, kata Siti Awal Pangonal Harahap, konsep lingkungan bersih dan sehat (LBS) ini juga selaras dengan program rutin Bupati Labuhanbatu, yakni Jumat Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat yang harus terus digelorakan di seluruh pelosok desa/

kelurahan Kabupaten Labuhanbatu. “Dengan lingkungan yang bersih dan sehat tentunya kualitas hidup kita pun akan lebih baik, saya merasa bangga atas usaha ibu-ibu PKK di Desa Sei Pegantungan, walaupun kepala desanya baru tetapi tetap semangat dan mau berusaha untuk belajar memperbaiki kepengurusan PKK ini, seperti yang kita tahu kebersihan adalah sebagian dari iman,” ujar Siti Awal. Siti Awal menambahkan lagi, tidak mudah untuk mengajak masyarakat agar merubah prilaku hidup sehat. LBS adalah suatu prilaku atau upaya untuk bisa merubah lingkungan menjadi sehat, sasaran yang pertama yaitu anggota rumah tangga di dalam keluarga supaya mengetahui dan mau untuk mengubah kebiasaan menjadikan lingkungan bersih dan sehat. Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Dorlando Pakpahan mengatakan, lingkungan bersih dan sehat adalah yang bebas

dari sampah. “Seperti kita ketahui bersama sampah sudah menjadi permasalahan internasional dan juga menjadi permasalahan di Kecamatan Panai Hilir Sei Berombang. Membuang sampah di laut sangat tidak dibenarkan karena dapat membunuh habitat makhluk hidup yang ada di laut, saat ini kami bekerjasama melalui kepala lingkungan/kepala dusun untuk mensosialisasikan lingkungan bersih dan sehat,” jelasnya. Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sei Penggantungan dalam laporannya menyampaikan, lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam, serta flora dan fauna yang tumbuh di darat maupun di laut, upaya untuk menciptakan kondisi bersih dan sehat di dalam rumah dan lingkungan sekitar rumah, kesehatan lingkungan hakekatnya suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh positif terhadap terwujudnya suatu keadaan yang optimal. (robet/nas)

Bupati Ajak Putra Terbaik Karo Jadi Prajurit TNI AL Kabanjahe | Jurnal Asia Bupati Karo Terkelin Brahmana SH membuka acara Kampaye Penerimaan Calon Prajurit TNI AL Lantamal I Belawan kepada siswa Sekolah

Menengah Atas (SMA) di Aula Kantor Bupati Karo, Senin (12/3). Bupati mengaperesiasi kegiatan tersebut, mengingat di Kabupaten Karo masih sangat minim perguruan tinggi,

Jurnal Asia | herman harahap

BUPATI Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi Kampaye Warviring penerimaan calon prajurit TNI AL Lantamal I di hadapan ratusan pelajar Kabupaten Karo di aula Kantor Bupati Jalan Jamin Ginting.

sehingga putra Karo harus keluar dari Karo untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Selain itu kita ketahui bahwa Kabupaten Karo tidak memiliki laut dengan kedatangan Bapak Letkol (L) Felix Pakpahan beserta rombongan membuka wawasan kita tentang apa itu laut dan apa itu Angkatan Laut, apa lagi dengan adanya program Bapak Presiden Republik Indonesia tentang tol laut menjadikan Angkatan Laut menarik untuk kita ketahui,”katanya. Bupati Karo berharap kepada putra-putri Karo memikirkan dalam hati kemana setelah tamat sekolah. “Siapkan diri, pelajari semua Perguruan Tinggi dan khusus untuk TNI Angkatan Laut ini sangat baik sekali apalagi dengan program Bapak Presiden tentang tol laut,”ajaknya. (herman harahap/nas)

Tanjungbalai | Jurnal Asia Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) Kota Tanjungbalai akan terus menerus melancarkan razia ke seluruh tempat hiburan, karaoke dan tempattempat lainnya. Hal ini sebagai wujud nyata dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan sesuai yang dituangkan di dalam Peraturan daerah (Perda). Kepala Dinas Satpol PP Tanjungbalai Burhanuddin Panjaitan, Selasa (13/3) mengatakan, tindakan yang dilakukan dalam melancarkan razia dalam rangka merespon dan menindaklanjuti instruksi Walikota Tanjungbalai. “Kita akan terus melancarkan razia dan tidak saja terhadap anak sekolah yang ditemui di lokasi hiburan dan tempat karaoke dan lainnya, tetapi bagi kalangan warga masyarakat. Tujuan itu dilakukan dalam upaya penegakkan Perda serta instruksi Walikota Tanjungbalai,”katanya. Apalagi, imbuh Burhanuddin, belakangan ini cukup banyak tempat hiburan, lokasi karaoke dan warnet yang kerap dikunjungi para pelajar pada belajar. “Hal itu saja sangat bertentangan dengan peraturan, terlebih lagi bagi pemilik

dan pengelola tempat karaoke sudah menandatangani perjanjian dan jika melanggarnya akan dikenakan sanksi.” katanya. Burhanuddin menambahkan,SatpolPP Tanjungbalai akan terus melakukan razia dilokasi-lokasi yang sering dijadikan tempat bolos pelajar pada saat jam sekolah. “Komitmen ini merupakan upaya kita dalam mendukung dan menciptakan Kota Tanjungbalai yang aman, tertib serta bebas dari narkoba dan kenakalan remaja guna mendukung visi dan misi walikota dan wakil walikota Tanjungbalai “BERSIH” Berprestasi, Religius , Sejahtera, Indah dan Harmonis.”ucapnya. Menyoal tentang ada gunjingan soal pengangkatan sebagai Plt Satpol PP, menurut Burhanuddin, biarkan saja orang berbicara apa saja. “Apa yang saya jabat saat ini merupakan amanah yang diberikan oleh Walikota Tanjungbalai. Tentu saja amanah itu harus dipertanggungjawabkan dan dilaksanakan dengan sebaikbaiknya sesuai dengan tupoksi yang ada,”tandasnya. (sat/adisastra/nas)

Jurnal Asia | adisastra

BERI ARAHAN. Kepala Dinas Satpol PP Tanjungbalai Burhanuddin SE memberikan pengarahan kepada sejumlah pelajar yang terjaring razia.

Bupati Apresiasi KPP Pratama Rantauprapat Rantauprapat | Jurnal Asia Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Rantauprapat, dalam rangka pekan pelaporan SPT tahunan pajak 2017 dan sosialisasi kewajiban perpajakan bagi bendahara organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, yang di gelar di Ruang Data dan Karya Kabupaten Labuhanbatu,Selasa (13/3). “Saya apresiasi dan mendukung KPP Pratama Rantauprapat dalam melakukan edukasi perpajakan melalui kegiatan sosialisasi, dimana banyak aturan yang berkembang dan berubah secara dinamis, sehingga dengan adanya acara ini dapat mengupdate kemampuan dan pengetahuan masyarakat tentang aturan pajak terkini,”ujar Bupati. Disamping itu, Bupati Labuhanbatu juga menginformasikan sosialisasi dilakukan atas dasar terjadinya perubahan peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 9/ PMK/.03/2018 tentang perubahan atas peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 243/PMK.03/2014 tentang (SPT). Beliau berharap dengan dilakukannya

sosialisasi pekan panutan pelaporan SPT tahunan aparatur sipil negara dapat menjadi teladan dan contoh bagi masyarakat untuk tertib pelaporan pajak tahunan secara online melalui e-iling. “Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kepatuhan kita selaku aparatur sipil negara dalam pelaporan pajak agar dapat menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat, semua aparatur sipil negara berkewajiban untuk menyampaikan SPT tahunan secara online melalui e-iling,” sebutnya. Penyampaian SPT secara elektronik ini dapat dilakukan dimana saja kapanpun dan dimanapun sepanjang terkoneksi dengan internet melalui komputer, laptop, ataupun handpone lebih mudah cepat dan aman. “Batas akhir pelaporan SPT jatuh tempo pada tanggal 31 Maret 2018 khususnya para ASN agar menyampaikan SPT tahunan sebelum tanggal 31 Maret 2018,”katanya. Terlihat hadir dalam acara tersebut Kepala KPP Pratama Rantauprapat Hendri Zakaria, Plt Sekretaris Daerah Labuhanbatu Ahmad Muflih SH MM, Asisten administrasi umum Amru SH dan para kepala organisasi perangkat daerah Labuhanbatu. (robet/nas)


18

Rabu 14 MaRet 2018

SUMBAGUT

Parit Jalan Kabanjahe Tersumbat

Jurnal Asia | yose

RAKOR. Sekda Kota Solok Rusdianto memimpin rapat koordinasi (rakor) bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pemko Solok Gelar Rakor Bersama OPD Solok | Jurnal Asia Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solok Rusdianto memimpin rapat koordinasi (rakor) bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Solok di Ruang Rapat Bappeda, Selasa (13/3). Rusdianto dalam arahannya menegaskan kembali apa yang menjadi penekanan arahan Walikota pada saat penandatangan perjanjian kinerja tahun 2018. “Agar kita, termasuk saya, semua kembali memikirkan dan intropeksi

diri kita untuk lebih menyikapi dengan sepenuh hati apa yang disampaikan wako berkaitan komitmen dalam kinerja yang telah ditetapkan”, ujarnya. Sekda mengajak semua OPD menjaga gawang masing-masing dengan tetap selalu berkoordinasi dengan pimpinan. Selain membahas hal-hal teknis dengan OPD, Sekda pada kesempatan itu juga mengingatkan kepada seluruh OPD jika ada hal yang berkaitan pelaksanaan tugas yang memang

memerlukan penjelasan lebih lanjut pada pimpinan agar ditindaklanjuti, sehingga tidak ada persoalan yang mengendap karena menunggu putusan. Dalam kesempatan itu, juga disampaikan informasi kepada OPD untuk dapat mengikuti pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Solok Tahun Perencanaan 2019 yang akan dilaksanakan 21 s.d 23 Maret 2018. (yose/nas)

Pemko Tanjungbalai Bantu Korban Kebakaran Tanjungbalai |Jurnal Asia Pemko Tanjungbalai menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Kelurahan Beting Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung dan Kelurahan Silo Bestari Kecamatan Tanjungbalai Utara Senin (11/3). Bantuan itu diserahkan langsung Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH serta didampingi Plt Kepala Dinas Satpol-PP Burhanuddin SE dan pejabat terkait lainnya. Walikota mengimbau, agar para

korban jangan sampai terlarut dalam suasana duka, pandanglah hari esok, dan bersemangat untuk memikirkan hari depan. “Manusia hanya dapat merencanakan namun semua itu ada dalam ketentuan Tuhan Yang Maha Esa. Tetap semangat dalam menjalani hidup ini dan mengambil hikmah dari apa yang telah terjadi,”katanya. Menurut Walikota, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Pemko Tanjungbalai khususnya Dinas

Sosial Propinsi Sumatera Utara dan Dinas Sosial Tanjungbalai serta para donatur kepada masyarakat yang tertimpa musibah dan Pemko juga dapat merasakan apa yang menjadi beban para korban kebakaran itu. “Bantuan yang kami berikan jangan dinilai dari besar kecilnya, tetapi ini merupakan keikhlasan Pemko Tanjungbalai dalam mengayomi masyarakat, Pemko akan selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi warga,”imbaunya.(sad/adisastra/nas)

Itwasda Polda Sumut ke Polres Sergai Sei Rampah |Jurnal Asia Tim Wasrik Itwasda Polda Sumatera Utara mendatangi Polres Serdang Bedagai, Selasa (13/3). Kedatangan mereka untuk melaksanakan Supervisi dan Asistensi bidang Perencanaan Tahun Anggaran 2018. Pertemuan berlangsung di Aula Patriatama Polres Sergai dipimpin AKBP Gunawan Eko Susilo SIK SH MH selaku Pengawas Tim I Itwasda Polda Sumut. Tim Wasrik disambut Kapolres Sergai AKBP Nicolas Ary Lilipaly SIK MH MSi bersama pejabat utama Polres dan Kapolsek Jajaran Polres Serdang Bedagai. Dalam kesempatan tersebut Kapolres memberi arahan kepada personil agar agar memberikan informasi berdasarkan data sesuai dengan kenyataan yang ada dan jangan sungkan bertanya kepada tim pemeriksa apabila ada kesalahan. “Jangan sungkan untuk bertanya kepada tim pemeriksa agar kedepannya Polres Sergai semakin baik,”ujar Kapolres.

Sementara itu AKBP Gunawan selaku pengawas Tim 1 Itwasda Polda Sumut mengatakan, kedatangan Tim ke Polres Sergai ini sebagai evaluasi dan kesempatan untuk bertanya tentang semua yang berkaitan tentang perencanaan dan pengorganisasian

bidang managemen, bidang Opsnal, SDM, Sarpras dan Garkeu. “Selain melakuan pemeriksaan kita juga sebagai Konseling bagi rekan-rekan untuk bertanya terkait perencanaan dan pengorganisasian,” kata AKBP Gunawan. (sugi/nas)

Jurnal Asia | sugi

SAMBUTAN. Tim Wasrik Itwasda Polda Sumatera Utara AKBP Gunawan Eko Susilo SIK SH MH didampingi Kapolres Sergai AKBP Nicolas Ary Lilipaly SIK MH MSi saat memberikan kata sambutan kepada pejabat utama Polres Serdang Bedagai.

Kabanjahe | Jurnal Asia Menyikapi keluhan warga terkait banjir yang kerap terjadi setiap hujan, tepatnya di depan Gang Ginting Sienterem, Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe, Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti SSTP dan Kabid Lingkungan Hidup Hotman Brahmana dan Dinas PUPR Kabupaten Karo merespon keluhan warga dengan bergotong royong. “Nilai gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, diakuinya merupakan salah satu faktor utama keberhasilan pembangunan tidak hanya sebatas membersihkan lingkungan, tetapi dapat diaplikasikan pada kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya,” ujar Frans Leonardo Surbakti SSTP didampingi Kabid Lingkungan Hidup Hotman Brahmana dan Dhearma Natanael Sinuhaji Kepling IX Kelurahan Gung Leto, kepada wartawan, Selasa (13/3). Gotong royong diadakan sesuai intruksi Bupati Karo terkait keluhan warga karena banjir yang terjadi setiap hujan. “Untuk itu, parit jalan ini harus dibersihkan dari limbah dan sampah warga yang menyumbat parit jalan,” ujarnya. Namun setelah beberapa dicek ke bawah gorong-gorong

persimpangan Jalan Kapten Selamat Ketaren ke Gang Ginting Sienterem ternyata parit jalan sudah tertimbun beragam material limbah, sehingga sulit diangkat atau dibersihkan mengingat di atas gorong-gorong yang panjangnya sekitar 20 meter sudah di aspal hotmik serta menyatu dengan coran semen di depan rumah warga di atas parit jalan. “Tentunya, rehabilitasi parit jalan ini harus dianggarkan di PAPBD Karo tahun anggaran 2018 nanti,” ujarnya. Kabid Lingkungan Hidup Hotman Brahmana menambahkan, walaupun sudah ditembak dengan air pemadam kebakaran, namun gorong-gorong tetap tersumbat. “Dua kali mobil Pemadam Kebakaran Pemkab Karo bolakbalik menembakkan air di bawah gorong-gorong sejajar parit jalan yang tersumbat namun tetap tidak bisa membongkar limbah sampah,” ucapnya. “Parit jalan ini harus dibongkar untuk selanjutnya ditinggikan dari sebelumnya. Sehingga ruang gerak arus air di bawah gorong-gorong semakin luas, otomatis parit jalan ini berfungsi dengan baik,” tuturnya. (herman harahap/nas)

Pemkab Langkat Terima Rapor Standar Pelayanan Publik Langkat | Jurnal Asia Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin Mkes MM mewakili Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH menyambut kunjungan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara untuk menyerahkan rapor penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik tahun 2017, di ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Selasa (13/3). Indra menyapaiakan pidato tertulis Bupati Langkat, mengapresiasi kunjungan Ombudsman diwakili oleh Kordinator bidang kepatuhan Ombudsman Ricky Nelson Hutahaen bersama rombongan Bumi Langkat Berseri.“Saya mewakili jajaran Pemerintahan Kabupaten Langkat mengucapkan selamat datang di bumi bertuah ini,”sebutnya. Selanjutnya pada arahan dan bimbingan, Bupati berpesan agar jajaran SKPD Pemkab Langkat, dapat meningkatkan kualitas yang mencakup kejelasan prosedur dan kejelasan waktu penyelesaian pelayanan, pengelolaan keuangan yang trasparan, dengan meraih wajar tanpa pengecualian serta penilaian sistem akuntabilitas kinerja intansi pemerintahan (SAKIP). “Agar pada tahun 2018 mendatang Pemkab Langkat meraih zona hijau yaitu kategori baik atau bernilai B, pada penilaian pelayanan publik yang diberikan tim Ombudsman,”imbaunya. Soal peningkatan itu bukan

sekedar soal mendapatkan nilai saja, lanjut Sekda, melainkan upaya memenuhi hak atas pelayan berkualitas pada setiap diri warga negara. “Karena masyarakat saat ini, terus mengingikan pelayan berkualitas, sesuai dengan kebutuhan di era digital ini,”sebutnya. Kordinator bidang kepatuhan Ombudsman Ricky Nelson Hutahaen menyampaikan, semoga Langkat kedepan bisa menyediakan pelayanan publik yang lebih baik, sehingga mendapatkan nilai zona hijau. “Saya harap untuk memotivasi SKPD agar meningkatkan pelayanannya, pemkab Langkat dapat memberikan penghargaan atau reward bagi SKPD yang paling baik dalam melakukan pelayanan publik,”ujaranya memberikan masukan. Ricky Nelson men jelaskan, tugas Ombudsman adalah meningkatkan pelayan publik sebagai bentuk konsekuensi dan implikasi, yaitu melaksanakan pengawasan pelayanan publik, kepada lembaga/ pemerintahan dan pemerintahan daerah sebagai penyelenggara pelayan publik. “Hal ini sesuai yang diamanatkan UU NO 37 tahun 2008 tentang Ombudsman dan UU No 25 tahun 2009 tentang pelayan publik,”ujarnya. Kunjungan tersebut dihadiri oleh para kepala Satuan Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemkab Langkat. (menanti ginting/nas)


RABU 14 MARET 2018

19

Info Serba-SerbI

Lima Jenis olah raga untuk Usia di atas 40 Tahun MENJALANI hidup sehat tidak mengenal usia. Namun, tidak bisa dipungkiri, semakin Anda sibuk atau semakin tua, maka aktivitas isik semakin dinomorsekiankan. Alhasil, tubuh lebih mudah capek. Padahal, berdasar pernyataan WHO, ada baiknya Anda tetap berolahraga 2 kali dalam seminggu dengan durasi 15 menit paling sebentar. Ini menunjukan bahwa olahraga menjadi bagian yang cukup penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Tapi, bagi mereka yang usianya sudah 40 tahun ke atas, berolahraga rasanya menjadi sangat memberatkan. Tubuh yang mungkin sudah tidak seleksibel saat muda menjadi kendala tersendiri. Namun, jangan sedih! Sebab, Okezone cobe manwarkan Anda 5 jenis olahraga yang dianggap paling cocok untuk Anda yang sudah berusia di atas 40 tahun.

Info Beriklan : (061) 663 5 664

Iklan Ekonomis 20mm/Kolom Rp. 20.000,40mm/Kolom Rp. 40.000,-

PURBA MULTIROOF Spesialis Atap dan Baja Ringan

Menyediakan : - Genteng metal, Atap Spandek panjang/Lengkung. - Besi C/Truss, Reng (zincalume) Jl.Gaperta Ujung No.80-A Medan

Hubungi : 081362321899 081265237863 081262861028 N.B : Menerima pemasangan baru dan bongkar pasang atap (Rumah tinggal, pabrik, sekolah, kantor, dsan gedung lainnya).

Jl. Gatot Subroto No. 317/236 A Tel. (061) 453 9685 - 453 9684 (Depan Jl. PWS) - Medan. Terima Tempahan Canopy, Folding Gate, Pintu Plat Besi, Aluminium, Kaca dan Stainless Steel.

WASHTAFEL PVC

PINTU PRESS

ROLLING DOOR

FOLDING GATE

UPVC

CIN BOY 0853 6022 3003

60mm/Kolom Rp. 60.000,80mm/Kolom Rp. 80.000,-

Seperti dijelaskan Top Buzz, Selasa (13/3/2018), berikut 5 jenis olahraga itu 1. Tai Chi Olahraga ini cukup identik dengan lansia. Ketika Anda berkunjung ke taman kota di hari libur, pastinya ada kelompok Tai Chi yang notabene diisi orangtua. Hal ini terjadi karena olahraga yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan dan karena berpusat pada pernapasan, tentunya membantu Anda yang berusia di atas 40 tahun lebih mudah melepas stres dan mengembalikan kebugaran dengan pernapasan yang lebih baik. 2. Squat Olahraga yang satu ini sangat tergantung bagaimana kondisi kaki

Anda. Jika rasanya tidak sanggup, maka jangan. Tapi, banyak ahli yang menyarankan untuk tetap melakukan sekalipun dengan gerapan yang sederhana. Sebab, olahraga ini membantu tulang Anda tetap dalam kondisi baik dan bisa mengencangkan bokor bagi Anda kaum hawa! hehehe 3. Lunges Kembali, ini juga dikembalikan pada kondisi tubuh Anda. Olahraga ini berfokus pada kekuatan kaki dan paha. Tentunya, dengan rutin melakukan lunges, maka Anda tidak akan mengeluhkan pegal-pegal yang mungkin dirasakan banyak orang di usia Anda. 4. Strength training Nah, kalau olahraga yang ini

membutuhkan alat beban. Yang mesti diperhatikan di sini, alat beban yang digunakan sebisa mungkin yang tidak menyusahkan Anda. Pilih saja alat beban yang beratnya hanya 5 kilogram. Itu sudah cukup baik untuk menjaga kekencangan dan kebugaran tubuh. 5. Yoga Olahraga yang satu ini membantu Anda untuk mengembalikan kesehatan tubuh dari dalam. Dengan rutin melakukan yoga, maka pernapasan Anda pun akan menjadi lebih baik dan kekuatan otot pun bisa didapatkan. Ingat, instruktur yang berpengalaman tentunya harus Anda dapatkan karena beberapa gerakan yoga mungkin tidak bisa Anda lakukan. (oz/van)


20

rabu 14 maret 2018

SainS

ilmuwan: Meski Telah Meninggal Dunia Jiwa Manusia Tetap abadi

GabunGan beberapa penelitian ilmiah terbaru mengatakan bahwa otak manusia adalah ‘komputer biologis’, di mana fungsinya serupa dengan perangkat komputer personal berdaya kuantum. Hal itu menjadi dasar penelitian

lanjutan yang menyebut bahwa jiwa manusia akan tetap abadi setelah jasadnya meninggal. Namun, bukan abadi dalam pengertian yang dimiliki sejumlah keyakinan, melainkan kekal dalam bentuk energi yang mampu

berhubungan dengan dimensi lain (multi universe), demikian dilansir dari situs Tetribe pada Senin (12/3). Adalah seorang ahli isika Dr Stuart Hamerof, dan ahli matematika Sir Roger Penrose, yang berargumen bahwa jiwa sejatinya tersimpan pada sebuah mikro-tubulus di dalam sel otak. Keduanya menyebut sistem ini sebagai ‘Pengurangan Tujuan Obyektiikasi’, atau Orch-OR, yakni ketika jasad manusia meninggal, maka mikro-tubulus pada otak berubah menjadi partikel kuantum yang tetap membawa informasi di dalamnya. Mikro-tubulus inilah yang kemudian disebut sebagai sifat abadi pada jiwa makhluk hidup. Tidak bisa dihancurkan, dan akan terus membawa informasi hingga menuju beragam dimensi yang lebih besar. “Jika jasad kembali dihidupkan, yakni setelah koma atau pasca-operasi bedah khusus, memungkinkan kuantum informasi kembali ditangkap mikro-tubulus, namun dengan jumlah yang tidak bisa seratus persen sama dengan kondisi sebelumnya,” jelas Sir Roger seraya mengaitkan hal tersebut dengan kondisi mati sebagian, atau

umum dikenal dengan istilah mati suri. Ditambahkan oleh Dr Stuart, bahwa jiwa makhluk hidup sangat mungkin berupa hasil ‘interaksi’ antar neuron di otak. Ia mengibaratkan interaksi neuron yang saling berkaitan itu serupa dengan sistem silang saling informasi pada server komputer, di mana inti memorinya dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya melalui transfer data. Dimensi Ruang dan Waktu Sementara itu, sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan di jurnal Science pada 2015 lalu, memperlihatkan bahwa sistem penyimpanan informasi dapat berubah saat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Meski begitu, inti informasi yang bersifat jangka panjang, seperti memori tumbuh kembang misalnya, dapat terus bertahan dalam kuantumkuantum yang bertebaran di luar jasad. Teori terkait didapat dari hasil penelitian menggunakan beam spitter, yakni perangkat optik untuk membelah berkas cahaya, yang dapat memutus distribusi partikel-partikel energi. “Ketika terputus, partikel-partikel

tersebut membentuk sebuah lorong waktu untuk menyelami penggalan memori masa lalu,” jelas Robert Landwill, salah seorang peneliti dari Departemen Fisika pada Universitas Durham, Inggris. Kaitan antara pengalaman dan semesta ini melampaui gagasangagasan manusia mengenai ruang dan waktu. Tapi biosentrisme sendiri menyatakan, ruang dan waktu bukan obyek sulit seperti yang dibayangkan. Teori ini menganalogikan waktu sebagai udara yang sia-sia untuk ditangkap manusia karena memang tak pernah bisa diraih. Menurut biosentrisme, ruang dan waktu semata-mata adalah alat penghimpun informasi secara bersamaan. Karena itulah, dalam dunia yang tidak ada ruang dan waktu, tak ada istilah kematian. (lp6/hut)

Rahasia Lubang Kecil di Atas Telinga Manusia LubanG kecil yang ada di beberapa bagian telinga, umumnya identik dengan tindik.Namun, sebagian orang memiliki lubang kecil yang terletak di bagian atas telinga. Kondisi seperti ini terbilang langka, karena tak semua manusia

terlahir dengan lubang kecil di telinga atasnya. Fenomena ini disebut sinus preauricular, seperti adanya lesung pipi di wajah. Frekuensi sinus preauricular berbedabeda di tiap negara, tergantung pada populasinya: 0,1 - 0,9% di Amerika Serikat; 0,9% di Inggris; dan 4 - 10% di Asia dan sebagian Afrika. Secara teknis sinus preauricular merupakan bawaan sejak lahir dan turun temurun. Total hanya 5% orang di dunia yang memiliki sinus preauricular. Seperti dikutip dari The Sun, 13 Maret 2018, sinus preauricular pertama kali

didokumentasikan pada tahun 1864 oleh ilmuwan bernama Van Heusinger. Menurut ahli biologi evolusioner, Neil Shubin, lubang kecil di telinga itu bisa jadi berasal

dari sisa evolusioner insang ikan. Meski demikian, tak ada yang perlu dikhawatirkan apabila Anda memiliki sinus preauricular. Namun, jika lubang tersebut terinfeksi, pertolongan pertama cukup dilakukan dengan antibiotik saja. Sinus preauricular umumnya terdapat di kedua daun telinga. Berdasarkan sebuah penelitian, sinus preauricular paling sering muncul di telinga sebelah kanan. berbentuk Wajah Donald Trump Informasi unik soal telinga juga pernah

muncul sebelumnya. Seorang pemilik anjing asal Inggris tertegun ketika melihat ada bentuk aneh yang tergambar di guratan telinga hewan peliharaannya. Dilansir dari laman Mirror.co.uk, Senin 6 November 2017, pria pemilik anjing jenis beagle itu bernama Jade Robinson. Ia baru sadar, guratan yang ada di telinga anjingnya membentuk sketsa wajah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Sang pemilik anjing itu pun tak tinggal diam. Ia kemudian mengunggah foto guratan telinga anjingnya ke laman Facebook pribadi. Gambar ini seketika viral dan jadi perbincangan banyak orang. Pria berusia 25 tahun itu bahkan baru mengetahui adanya pola tersebut. Padahal, ia sudah memelihara anjingnya dalam kurun waktu yang cukup lama. “Butuh 20 kali bagi saya untuk melihat apakah guratan ini benar-benar berbentuk wajah Trump,” ujar Robinson. “Saya langsung yakin setelah keesokan harinya saya menunjukkan hal tersebut kepada teman-teman saya,” tambahnya. Tak hanya di guratan telinga, wajah Trump beberapa waktu lalu juga mengisi perayaan Halloween. Wajah presiden tersebut tergambar di sebuah labu. (lp6/hut)

Google Siapkan Cara Baru Kirim Uang di Ponsel Android GooGLe sudah cukup lama berambisi merampungkan aplikasi transfer uang yang terintegrasi di sistemnya. Ambisi ini perlahan mulai terwujud dengan munculnya opsi transfer uang di aplikasi Google Contacts. Seorang pengguna ponsel Android di Kanada menemukan ada ikon ‘$’ dari halaman Google Contacts miliknya. Ikon itu ternyata adalah ikon untuk Google Pay Send yang berfungsi untuk mengirim uang ke seseorang yang ada di dalam daftar kontak. Cara ini dianggap sedikit lebih maju dari upaya Google sebelumnya. Belum lama Google Play Send sudah punya itur yang terhubung ke Android Messages untuk menginformasikan uang yang ditransfer. Kendati demikian, sistem pembayaran terintegrasi ini belum sepenuhnya rampung karena belum ada itur Google Pay Request, itur yang berfungsi mengirim pesan berisi tagihan ke orang lain. Inovasi Google ini dianggap lebih memudahkan ketimbang sistem transfer terintegrasi lain seperti Apple Pay. Pasalnya, itur ini bisa memfasilitasi kebutuhan transfer uang cukup dengan mengakses nomor telepon di daftar kontak. Seperti diberitakan oleh Android Police, kelebihan lain dari Google Pay Send adalah sejumlah opsi yang tersedia untuk mengirim pesan atas transfer yang sudah terjadi, mulai dari SMS hingga email. Google belum mengurai lebih banyak soal keberadaan itur ini. Belum ada informasi lebih lanjut dari perusahaan yang bermarkas di Mountain View, AS, mengenai rilis penuh itur ini, entah itu tanggal maupun perangkat yang mendukung kinerjanya. (cnn/hut)


Rabu 14 maRet 2018

21

HIBURAN

Cameron Diaz

Selena Gomez

‘Pensiun’ dari Dunia Akting

Sempat Kritis Setelah Operasi Ginjal

perlu bermain dalam ilm lain lagi. Dia punya kehidupan yang hebat dan dia bahagia dengan itu,” ujar Blair. Film terakhir Diaz adalah Annie yang rilis pada 2014. Pengisi suara Putri Fiona dalam ilm animasi Shrek itu sudah berakting sejak 1988 dan mengantongi banyak penghargaan dari ilm-ilmnya. Sementara sumber lain yang mengatakan Diaz telah beberapa kali menolak tawaran ilm. Sebab, saat ini ia lebih suka menghabiskan waktu bersama keluarganya. Istri dari musisi Benji Madden itu disebut ingin memanfaatkan waktu luang dan kebebasannya. Diaz dan Madden yang menikah pada 2015 juga sedang berfokus untuk mempersiapkan diri menjadi orang tua. “Mereka ingin memiliki dan menunggu kesempatan untuk menjadi orang tua. Menjadi ibu adalah hal yang sangat diinginkan Diaz lebih dari apapun,” tutur sumber tersebut. (rep/swm)

Kombinasi wajah cantik dan ekspresi konyol membuat Cameron Diaz menjadi salah satu aktris favorit. Namun, mantan model yang berusia 45 tahun itu menyiratkan bahwa ia pensiun dari akting. Hal tersebut disampaikan oleh sahabat Diaz, aktris Selma Blair. Pada satu percakapan dengan Blair, Diaz memang pernah mengatakan bahwa ia enggan kembali berurusan dengan industri perilman. “Maksud saya, dia belum merasa

Sudoku

Selena Gomez mesti menghadapi kondisi kritis sesaat dia telah mendapatkan transplantasi ginjal dari sahabatnya Francia Raisa. Membungkam untuk tidak membeberkan kepada media pun digunakan sebab kondisi yang dilalui untuk pemulihan begitu sulit. “Pemulihan itu sulit. Saya tidak mau makan, saya tidak mau minum apapun. Selena memang memiliki komplikasi, beberapa jam setelah operasi kami, saya terbangun dan mendapat teks darinya yang berbunyi, ‘Saya benarbenar takut,” ujar Raisa, Selasa (13/3). Raisa menceritakan, jika setelah operasi tersebut, ginjalnya mengalami

patah arteri, sehingga perlu ada operasi darurat. Keputusan itu dilakukan untuk membuat arteri baru agar ginjal yang sudah dipindahkan tetap ada, dan itu membuat kondisi Gomez kritis. Penyanyi tersebut pun perlu melakukan operasi selama enam jam agar ginjalnya membaik. Padahal, dalam kondisi normal, operasi ginjal, menurut Raisa, hanya dilakukan selama dua jam saja. “Kami tidak ingin memberi tahu siapa pun karena pemulihan sangat sulit bagi kami, dan kami

884

TTS Mendatar 1. hewan yang bau daun pandan 6. hewan yang badannya berduri 8. hewan peliharaan rumah 13. penawar dahaga 14. sekumpulan orang banyak 15. negara di afrika

17. langkah seribu 19. kendaraan beroda tiga 20. pelatihan nasional 23. yang mengobati orang sakit 25. tempat belajar mahasiswa 26. jasad yang sudah meninggal 28. makanan khas indonesia

884 8

6

3

1

9

8

3

4

6

8

1

mengalami depresi pada saat itu. Kami hanya ingin menjadi normal dan tidak memperhatikannya,” ujar perempuan berusia 29 tahun itu. (rpl/swm)

Menurun 1. lawan siang 2. band yang di gawangi ariel 3. tingkatan pendidikan 4. takut (inggris) 5. buntut 7. negara yang terkenal dengan boyband 9. bioskop (inggris) 10. nasi goreng (singkat) 11. tempat orang belanja keperluan sehari-hari 12. dekat (lawan kata) 16. addres 18. khusus 20. pencemaran 21. tenun yang bersulam benang emas 22. cantik 24. tumbuhan yang tumbuh lapangan 27. teka teki silang

1 Jawaban TTS 883

5

1

7

2

6

3

2

I M

3

H A D I

8

M

4

S

A H A

M

10

11

K

6

1

5

5

7

6

9

8

3

5

1

4

5

8

9

1

4

6

7

3

2

4

3

1

2

5

7

9

6

8

9

5

7

4

2

1

6

8

3

1

6

2

3

9

8

4

7

5

3

4

8

7

6

5

2

9

4

1

7

19

1

3

5

7

2

8

4

9

8

9

5

6

3

4

1

2

7

7

2

4

8

1

9

3

5

6

22

S

L A G A

4

R

3

Q U

2

5

B O A

Z

E 14

E

A

G

17

R

N

F O A M

18

I R I 23

R

D

25

I U M

K A L

24

V

A

28

D A T A

B

B

U

30

K O M E T N

RED SPARROW (Cinemaxx Regular 2D) 16:00 | 18:45 | 21:30

BENYAMIN BIANG KEROK (Cinemaxx Regular 2D)17+ 15:15

RED SPARROW (Cinemaxx Gold 2D) 14:45 | 17:30

EARLY MAN (Cinemaxx Junior 2D)SU 16:30 | 19:30

TOMB RAIDER 16:45 | 19:15 | 20:15 | 21:45

EARLY MAN (Cinemaxx Regular 2D)SU 17:15 | 19:15 | 21:15

T

E

A

I R U S S

M A G R I

N

Sun Plaza Cinemaxx

BLACK PANTHER (Cinemaxx Regular 2D)17+ 14:45 | 17:30 | 20:15

P

26

27

L

K

S U N T U K

16

G E R E J A

1

J A

13

29

9

12

T

20

M

21

8

D I

R

2

1

6

D

S O

C

15

H

6

9

A

M

I

O

E

A R O G A N

2

F

P L A S T

I M U N

L

E

Jawaban Sudoku 883

T

TOMB RAIDER (Ultra XD 2D)13+ 16:30 | 19:00 | 21:30

B

B


22

Rabu 14 MaRet 2018

opini BKSDA SITA KERA HITAM SULAWESI DILINDUNGI Seekor Kera Hitam Sulawesi (Macaca Tonkeana) betina bernama Inces hasil sitaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah diamankan petugas dengan jaring untuk menghindari gigitan saat akan dimasukkan ke dalam tempat penitipan sementara di Taman Wisata Tahura di Desa Ngatabaru, Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (13/3). Dua ekor kera hitam Sulawesi berhasil disita oleh BKSDA Sulawesi Tengah dalam sebuah operasi dalam rangka penyelamatan sekaligus menjaga kelestarian satwa endemik Sulawesi yang dilindungi oleh pemerintah tersebut.

Menunggu Aksi JR Salut, JR Saragih mempunyai jiwa dan sikap pantang menyerah. Pasca dia dan pasangannya, Ance Selian dicoret KPU Sumut dan tak bisa menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada 12 Februari 2018 kemarin. Pria berdarah batak ini menggunakan haknya untuk melakukan gugatan agar bisa ikut bermain dalam Pilgub Sumut 2018. Ia pun memasukkan gugatan atau sengketa pemilihan di Bawaslu Sumut. Undang-undang Pilkada No 10 tahun 2016 memang memberi ruang bagi siapa saja, calon kontestan pilkada melakukan upaya hukum pilkada sebagai bentuk konirmasi keputusan para penyelenggara di tingkat pertama. Setelah dilakukan serangkaian persidangan, dari dua pihak, JR Saragih sebagai pemohon sengketa dan KPU Sumut sebagai termohon, pengadil pilkada, Bawaslu Sumut mengabulkan sebagian permohonan JR Saragih-Ance. Poin krusial yang memberi ruang putra Simalungun itu berpeluang menjadi calon gubernur adalah dia diberikan kesempatan melegalisasi fotocopi ijazah SMA miliknya. Bawaslu Sumut juga memerintahkan legalisir itu didampingi KPU Sumut, yang semula mempersoalkan legalisir fotocopi ijazah milik JR Saragih. Dalam analisa Bawaslu yang mendasari putusan, ada kekeliruan legalisir ijazah SMA milik JR Saragih. KPU dan JR Saragih melegesnya di Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Harusnya di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat dan itu merujuk Peraturan KPU No 3 tahun 2017 tentang Pencalonan. Dieksekusilah putusan itu. KPU Sumut dan JR Saragih berangkat ke Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat pada Senin (12/3). Di sanalah muncul fakta baru, bahwa JR Saragih bukannya meleges ijazah SMA miliknya, tetapi justru meleges Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI). Dalihnya, ijazah JR Saragih yang asli hilang pada 5 Maret 2018 di Jakarta Pusat. Diuruslah surat hilang ke Polsek Kemayoran, dan surat polisi menjadi alasan JR Saragih meminta SKPI. Sontak khalayak kaget. Putusan Bawaslu 3 Maret, dan ijazah JR Saragih hilang 5 Maret. Cuma dua hari selangnya. JR Saragih dan tim pun melakukan rasionalisasi atas keterkejutan masyarakat. Terlepas dari semua trik dan strategi yang dimainkan JR Saragih dan tim-nya. Patut diberi acungan jempol, atas aksi dan permainan politik level yahud pria yang dua kali menang Pilkada Kabupaten Simalungun tersebut. Barangkali cap petarung, seperti yang banyak disebut orang, sedikit digeser ke tipikal seorang politisi dramatik. Itulah dia. Kita tunggu aksi drama berikutnya di pentas Pilgub Sumut 2018, pasca dia memunculkan zat bernama SKPI, wujud lain dari ijazah yang hilang entah di mana. he..he..he... Tapi memang, permainan belum selesai. Segala intrik, trik dan strategi politik akan muncul untuk memenangkan pertandingan. Tentu saja kita berharap, pertandingan tetap berlangsung secara fair play. Terhindar dari “tipu-tipu” apalagi tipu suara. Penulis tidak ingin terseret lebih dalam, pada pertarungan eks calon Gubernur Sumatera Utara ini. Meski penulis melihat jelas “pergerakan” arus Pilkada ini, namun lebih baik berdiam diri saja, menunggu hingga hari H usai. (*)

Penerbit pT. MeDiA AnGKASA

Antara | Mohamad Hamzah

Membuka Komunikasi Dengan Anak Oleh : Devi Ratu S.Pd

Berkomunikasi dengan anak-anak memang tidaklah mudah jika dibandingkan ketika berkomunikasi dengan teman sebaya ataupun orang dewasa. Orangtua sering mengalami “kebuntuan” ketika berkomunikasi dengan anak. Ketika anak sedang menunjukkan perilaku maupun sikap yang tidak seperti biasanya (misal marah, takut, “mogok” makan maupun “mogok” untuk bersekolah), orangtua merasa bingung untuk berkomunikasi dengan mereka. Komunikasi akan efektif dan eisien jika kedua belah pihak menunjukkan perhatian penuh terhadap lawan bicara. Perhatian yang penuh ini dapat diartikan sebagai bentuk bahwa orangtua mendengarkan apa yang diungkapkan anak (kaitannya dengan komunikasi orangtua dan anak). Anak akan merasa senang dan dihargai jika apa yang diungkapkan tersebut didengarkan oleh orangtuanya. Berikut merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika orangtua akan berkomunikasi dengan anak-anak. Konsistensi, merupakan konsep dasar komunikasi yang baik. Hal ini membuat anak merasa aman dan memberikan anak batasan-batasan yang jelas. Konsistensi membuat anak-anak mengetahui jika mereka dapat bergantung pada orangtua. Contoh konsistensi: ketika orangtua menginginkan anaknya untuk berhenti main PS, maka artinya anak berhenti main PS untuk hari ini, besok, minggu depan, bulan depan atau kapanpun hingga orangtua memutuskan boleh bermain PS kembali. Katakan yang ingin dikatakan dan patuhi, seiring dengan sikap konsistensi. Berikan pengertian kepada anak-anak bahwa orangtua pemimpin Umum: tongariodjo angkasa Ginting Se, Mba, MM, MSc Wakil pemimpin Umum: dr. Finisia angkasa Staf Ahli: Dr. Re Nainggolan, MM, Dr. Ir. Jongkers tampubolon, MSc, Drs. Nabari Ginting, Hasiholan Sidabutar Se, Ma, MM, tjong Poh bun, Ridwan Nasution, bambang eS, Johan

Terbit : 19 Juli 2012 Alamat Redaksi dan Divisi Usaha Kompleks Bilal Central A1-A2, B1-B2 Jalan Bilal Ujung, Medan Telp. 061 - 6635664 email Redaksi: berita@Jurnalasia.com email Usaha: marketing@Jurnalasia.com

Wakil General Manager: Selamat ang pemimpin Usaha: berman Pasaribu ang Se, MM pjs pemimpin Redaksi/penanggung Jawab: Rahmad S batubara Redaktur pelaksana: Isvan Wahyudi Redaktur: Swisma Naibaho, Nasib ts, Khairul anwar Dalimunthe aMd, andri DP Staf Redaksi: Syahrial Siregar, bambang NL SH, Netty Guslina, ari Wibowo, Hendra

dapat dipercaya. Contoh, ketika orangtua menginginkan anak jika masih bermain PS maka hukumannya adalah tidak diberi uang jajan selama 3 hari, hal ini harus benar-benar dipatuhi jika anak melanggarnya. Orangtua bertanggung jawab mengajari anakanak mereka cara berkomunikasi, seperti dalam iklan teh sariwangi mari bicara. Orangtua yang tidak saling bicara (berkomunikasi) tidak akan mampu berkomunikasi dengan baik terhadap anak-anak. Belajar untuk dapat mengungkapkan perasaan sehingga ketika orangtua sedang tidak merasa nyaman dengan perasaan yang dialaminya maka komunikasikan dengan anak. Jika orangtua merasa tidak nyaman dengan emosinya dan cenderung menutup diri dan ada penyangkalan, maka kemungkinan besar anak-anak akan melakukan hal yang sama. Jangan beri label pada anak-anak. Anak-anak membawa kekhasan (sifat dasar) tersendiri, seperti pendiam, pemalu, mudah bergaul, tidak bisa diam (aktif), dll. Ini merupakan sifat dasar yang sudah ada sejak lahir sehingga tugas dari orangtua adalah menerima anak secara keseluruhan. Pertanyaan berikut adalah bagaimana berkomunikasi dengan anak-anak dan apa yang harus dilakukan orangtua. Berkomunikasi dengan anak-anak membutuhkan sikap dan perilaku yang khusus (terkait dengan kekhasan dari perkembangan anak). Beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua terkait dengan teknik ataupun strategi berkomunikasi dengan anak, antara lain; Kedudukan (posisi) orangtua ketika sedang berbicara dengan anak adalah sama dengan anak KoReSponDen Deliserdang: H alamsyah Siregar, Refi arif Siregar Serdang Bedagai: Sugiono Binjai: Sri Masanah Bahorok: Menanti Ginting pematangsiantar/Simalungun: togar Sinaga. Labuhanbatu: Roberto Simatupang, M. Sibarani Tanah Karo: Herman Harahap Sidikalang: ester Pandiangan Humbahas: Firman tobing Solok: Yose Rizal, elita Susanti SH Tanjungbalai: M. adi Sastra Langkat: badruddin Labusel: Negos Siregar Taput: Nelson Nainggolan, Se pakpak Bharat: boman Batubara: Rahman Khalid

(posisi tubuh setinggi anak). Tatap kedua matanya, jika perlu palingkan kepala anak dengan tangan orangtua (secara lembut) agar anak menatap langsung pada orangtua. Jika anak sedang kesal bahkan dalam kondisi sangat marah, usap punggung atau perutnya. Jika anak sedang histeris, yang perlu dilakukan orangtua adalah menenangkan diri dulu dengan membantu anak untuk rileks (menarik nafas). Ubah intonasi suara, bicaralah dengan suara tegas tetapi lembut. Beri kata-kata pada anak untuk membantu mengalirnya percakapan. Contoh “Kelihatannya sedang kesal hari ini, coba ceritakan pada Ibu/ Bapak apa yang membuatmu kesal?” Ungkapan tersebut merupakan salah satu contoh bentuk empati. Orangtua yang berempati kepada anak, akan memberikan kenyamanan dan anak merasa bahwa orangtua mengerti akan apa yang terjadi pada dirinya. Ulangi apa yang dikatakan anak. Hal ini menunjukkan jika orangtua benar-benar mendengarkan apa yang disampaikan (diceritakan) oleh anak. Jangan menyela, biarkan anak menyelesaikan ceritanya. Jika anak sudah selesai bercerita maka saatnya orangtua untuk memberikan feedback (umpan balik) tentang cerita tersebut. Jika orangtua sedang berbicara dan kemudian anak menyela maka berikan pengertian pada anak bahwa biarkan orangtua menyelesaikannya baru kemudian kesempatan anak untuk berbicara. Usahakan tetap tenang meskipun suasana hati sedang tidak nyaman. Penulis adalah Alumni UMSU Guru SDIT Keuangan: Ratnawati S Kom, Jessie Rekening: bank Mandiri no 106 001 0849 399 a\n Pt. Media angkasa penasehat Hukum: Sukiran SH, M.Kn, asman Siagian SH, MH Dicetak oleh: Pt. Karya Cetak angkasa, Jl. bilal ujung (Komp. bilal Central No. 12-12a) Medan (Isi di luar tanggung jawab percetakan) SeLURUH staf dan wartawan Harian Jurnal asia tidak dibenarkan untuk meminta dan/atau menerima apapun dari narasumber baik dalam bentuk amplop, uang, honor, biaya transportasi, biaya akomodasi, hadiah, maupun berbagai bentuk gratifikasi lainnya. Jika terdapat hal tersebut di atas, silakan kirim SMS ke 0852 9776 1000. Kami juga menerima segala bentuk kritik, saran, pelaporan, dan pertanyaan demi kemajuan Harian Jurnal asia.


Rabu 14 MaRet 2018

23

OLAHRAGA

Djanur Segera Tentukan Starting Line Up

Terlambat Panas Spurs Terhantam Rockets Houston | Jurnal Asia Houston Rockets menang telak atas San Antonio Spurs 109-93 dalam lanjutan NBA, Selasa (13/2). James Harden berhasil mendulang poin terbanyak bagi Rockets dengan 28 poin dalam laga NBA itu. Houston Rockets sudah menguasai pertandingan NBA kali ini sejak kuarter pertama. Lay up Nene saat pertandingan tinggal tiga menit membuat Rockets unggul 19-4. Namun, Spurs tancap gas jelang kuarter pertama berakhir. Tony Parker dan kawan-kawan berhasil memangkas ketinggalan menjadi 21-25 di akhir kuarter pertama. Pada kuarter kedua, Houston Rockets kembali unjuk gigi. Tembakan tiga poin Harden membuat Rockets mengungguli Spurs dengan keunggulan 14 poin yaitu 49-35. Lay up Tony Parker saat pertandingan tinggal 39 detik membuat Spurs memperkecil ketinggalan menjadi 43-54. Kuarter ketiga menjadi momentum bagi Rockets untuk semakin meniggalkan Spurs. Bagaimana tidak, mereka meraup 34 poin pada kuarter ini.

Harden sendiri mendapat total tujuh poin pada penampilannya di kuarter ketiga. Total, Harden telah mendapat 28 poin sampai kuarter ketiga. Pada kuarter ini, Rockets juga sempat meninggalkan Spurs dengan keunggulan 26 poin. Itu setelah Luc Mbah sukses mengeksekusi tembakan bebas saat pertandingan kuarter ketiga tinggal satu menit. Spurs boleh dibilang terlambat panas. Tim asuhan Gregg Popovic ini baru bisa menekan balik Rockets pada kuarter keempat. Untuk pertama kalinya dalam pertandingan ini, torehan poin per kuarter Spurs lebih banyak dari Rockets. Pada kuarter ini, mereka mendapatkan 26 poin, sementara Rockets 21 poin. Kekalahan dari Rockets menjadi kekalahan ketiga beruntun bagi Spurs. Sebelumnya, Spurs kalah dari Golden State Warriors, dan Oklahoma City Thunder. Russell Westbrook mencetak triple double ke-20 pada NBA musim ini untuk membantu Oklahoma City mengalahkan Sacramento Kings 106-101 di Chesapeake

Energy Arena. Kontribusi Westbrook membantu Thunder meraih tiga kemenangan beruntun dan naik ke posisi empat klasemen sementara Wilayah Barat NBA. Thunder memiliki rapor 40-29 dan unggul tipis atas New Orleans Pelicans (38-28) dan Minnesota Timberwolves (39-29). Westbrook membukukan 17 poin, 10 rebound, dan 11 assist pada laga ini. Total dia sudah mencatat 99 triple double selama berkarier di NBA. Sosok berusia 29 tahun ini hanya kalah dari Oscar Robertson (181), Magic Johnson (138), dan Jason Kidd (107). Paul George dan Carmelo Anthony masing-masing menyumbang 21 poin untuk membantu Thunder berjaya. Sementara center Steven Adams meninggalkan pertandingan di kuarter tiga karena cedera pinggul. Bogdan Bogdanovic menciptakan 19 angka bagi Kings yang menderita kekalahan ketiga pada empat pertandingan terakhir. Sedangkan Garrett Temple dan Justin Jackson masing-masing membuat 15 nilai. (blc-l6-adp)

Medan | Jurnal Asia PSMS Medan akan melakoni ujicoba terakhir sebelum bergulirnya kompetisi Liga 1 Indonesia pada 23 Maret mendatang. Kali ini lawan yang akan dihadapi yakni klub Liga 2, PSPS Riau, Sabtu (17/3), mendatang Chief Executif Oicer (CEO) PSMS, Dody Thaher, mengatakan jika ujicoba yang digelar tersebut sebagai persiapan tim jelang kompetisi. Ujicoba ini sekaligus untuk uji Stadion Teladan. “Karena dari sinilah kita mau lihat sejauhmana perkembangan tim setelah melakukan persiapan serta Training Camp (TC) di Jogjakarta. Jadi bisa dibilang, ujicoba serasa kompetisi,” kata Dody pada konfrensi pers di Mes PSMS, Senin (12/3). Ia mengatakan dalam laga ini panitia juga akan menyediakan harga tiket terbuka Rp25 ribu, tertutup timur Rp35 ribu barat Rp50 ribu, dan VIP Rp100 ribu. Dikatakannya, sejauh ini juga tim terus melakukan persiapan demi meraih hasil maksimal di kompetisi. “Pengurus terus melakukan koordinasi dengan tim pelatih. Karena sejauh ini apa yang dibutuhkan tim, dialah yang tahu,” tambahnya. Di tempat terpisah pelatih PSMS, Djajang Nurjaman, mengatakan memang tim akan melakoni ujicoba terakhir menghadapi PSPS. Tujuannya untuk melihat perkembangan yang sudah dialami. “Sekaligus akan menentukan komposisi utama dalam kompetisi. Jadi kemungkinan dj laga terakhir nanti sudah dapat dipastikan starting line up PSMS,” tambahnya. Meski tidak melihat hasil, Djanur mengaku tetap ingin meraih kemenangan di laga tersebut. “Seperi biasa, inikan hanya ujicoba jadi lebih kepada evaluasi tim bukan hasil. Tapi kemenangan tetap dibutugkan untuk motivasi pemain,” tukasnya. Sebelum menggelar laga persahabatan kontra PSPS, PSMS mengagendakan mendatangkan mantan kapten Chelsea, Dennis Wise. Dody Taher mengatakan adapun kedatangan Dennis Wise untuk melangsungkan beberapa kegiatan dan ditutup dengan pelaksanaan coaching clinic bersama pungawa PSMS Medan di Stadion Mini Kebun Bunga, pada Kamis (15/3). “Kita akan kedatangan tamu yakni mantan kapten Chelsea, Dennis Wise. Dia datang hari Kamis pagi ke Medan dan selanjutnya makan siang bersama legenda PSMS. Setelah itu coaching clinic sama tim PSMS di Kebun Bunga,” tandasnya. (bambang nl)

KONI Medan Berharap Taekwondo dan PABBSI Dulang Emas Medan | Jurnal Asia KONI Kota Medan berharap banyak dari cabor taekwondo dan PABBSI untuk mendulang medali emas di arena Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwilsu) 2018 yang berlangsung April dan Mei ini, mendatang. Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani ketika meninjau persiapan atlet-atlet taekwondo di Studio Café, Jalan Halat Medan, Senin (12/3) sore, berharap banyak kepada atlet-atlet taekwondo untuk memberikan prestasi terbaik bagi Kota Medan, dan menjadi salah satu lumbung medali emas bagi. “Tentu kiranya bisa membawa nama harum Kota Medan, karena taekwondo memang menjadi cabang unggulan untuk meraih medali terbanyak di Porwilsu 2018,” sebut Eddy Sibarani didampingi Wakil Ketua Umum HT Daniel Mozard dan Helti Susilo serta pengurus lain. “Sebagai ajang multi event empat tahunan, Porwilsu merupakan jenjang awal menuju prestasi nasional. Setelah berhasil di Porwilsu, akan bertanding di Porprovsu, Pra PON dan PON. Makanya ambil kesempatan langka ini dengan bersiap sebaik mungkin,”

ungkap Ketua Umum KONI Medan, seraya mengucapkan terima kasih kepada TI Kota Medan yang telah bekerja sangat baik. Ketua Pengkot TI Kota Medan M Syafei SE MSm menyambut baik kunjungan Ketua Umum beserta jajaran pengurus KONI Medan, yang disebutnya sangat berarti untuk menambah semangat dan motivasi para atlet jelang bertanding. “kunjungan KONI merupakan suntikan motivasi bagi kami yang bertekad member hasil maksimal di ajang Porwilsu nanti,” ucap Syafei. TI Medan, sebutnya, mentargetkan meraih sebanyak-banyaknya medali guna meloloskan sebanyak mungkin atlet ke Porprovsu, dalam bagian dari misi KONI Kota mendominasi ajang puncak multi event empat tahunan yang akan digelar November. Di Porwilsu yang berlangsung di Langkat 6-8 April, TI Medan mempersiapkan 16 atlet putra putra dengan trio pelatih Ageng Artadinata, Suhamsyah dan Doni Pariandra. “Saat ini para atlet bersiap intensif dengan melakukan latihan setiap hari di Studio Café, berlatih isik di stadion mini USU serta berenang di akhir pekan,” ungkap Ageng yang juga Kabid Kepelatihan TI Medan.

Sebelumnya, Drs Eddy H Sibarani meninjau persiapan atlet angkat besi/berat/binaraga (PABBSI) di gedung itness KONI Kota Medan di kawasan stadion Teladan yang diterima Ketua Harian Aja Melhan Surbakti didampingi Wakil Ketua Marno, dan Sekum Fitriansyah.

Sementara itu, Harian Aja Melhan Surbakti menyatakan, dengan dukungan KONI Medan, PABBSI yakin bisa membawa pulang hasil sesuai target. Cabor PABBSI Wilayah I Porwilsu 2018 dimainkan di Simalungun 4-6 Mei memiliki 32 nomor lomba. (bambang nl)

Jurnal Asia l Ist POSE BERSAMA. Atlet-atlet taekwondo pose bersama Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani dan Ketua Pengkot TI Kota Medan M. Syafei SE, MSi, di Medan.


24

Rabu 14 MaRet 2018

SPORT

Main Sabar Kamis (15/3) 02:45 WIB Barcelona vs Chelsea SCTV, beIN Sports 1 Barcelona | Jurnal Asia Chelsea akan menghadapi misi berat di markas Barcelona. Antonio Conte pun memperingatkan timnya untuk bersiap menjalani laga yang tak mudah di Camp Nou. Chelsea akan tandang ke markas Barca di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (15/3) dinihari WIB. Pertandingan leg pertama di Stamford Bridge tiga pekan lalu berakhir imbang 1-1. Situasi itu menempatkan Chelsea dalam posisi yang tidak menguntungkan. Sebab Barca punya keunggulan gol tandang. Jika ingin lolos ke perempatinal, Chelsea wajib menang di Camp Nou. Namun, mengalahkan Barca di kandangnya sendiri bukan perkara mudah. Di sepanjang musim ini, tim arahan Ernesto Valverde itu belum pernah tersentuh kekalahan di Camp Nou. Conte pun sadar betul akan tantangan berat yang akan dihadapi timnya di Camp Nou. “Ketika Anda bermain melawan tim seperti ini, salah satu tim terbaik di dunia, Anda harus siap untuk menderita. Ini tidak akan mudah, tapi kami harus mencoba,” ungkap Conte. “Kami harus mencoba menemukan solusi terbaik untuk menghadapi pertandingan ini. Jangan lupa, Anda bicara soal sebuah tim dengan banyak pemain yang luar biasa berpengalaman.” Soal pengalaman di Liga Champions, Conte pun mengakui kalau pengalaman anak didiknya masih belum memiliki memadai. “Kami memiliki banyak pemain yang baru bermain selama semusim atau dua musim dalam ajang Liga Champions,” ucapnya. Conte memprediksi Barcelona akan kembali mendominasi penguasaan bola mengingat tim tersebut akan tampil di hadapan ribuan pendukungnya, yang bakal memadati Stadion Camp Nou. Karena itu, dia berharap timnya bisa bermain sabar menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan. “Karena itu, kami akan berusaha untuk tampil dengan sabar dan konsentrasi penuh sembari menunggu kesempatan kami. Dan kami akan memanfaatkannya sebaik mungkin saat kesempatan itu tiba,” tuturnya. Anak-anak Stamford Bridge sendiri bakal bertandang dengan kondisi hati yang masih setengah terluka, akibat pasca kalah dua kali beruntun di Liga Inggris dan terlempar dari posisi empat besar. The Blues saat ini masih membangun lagi mental bertanding mereka yang sempat runtuh usai meraih kemenangan penting atas Crystal Palace akhir pekan kemarin. Satu kesalahan di barisan pertahanan menjadi luka mendalam bagi Chelsea pada leg pertama. Gol away yang diciptakan Barca memberikan mereka tekanan untuk bisa mencari gol, dan tidak bermain bertahan di Camp Nou.

Mau tidak mau Conte harus mengintruksikan skuatnya untuk bisa mencuri gol cepat, agar mereka bisa nyaman nantinya mengatur tempo pertandingan. Namun dengan gaya bermain Barca saat ini, susah bagi lawan untuk mendikte permainan mereka. Tak hanya barisan pertahanan, Conte juga masih dipusingkan dengan tumpulnya barisan penyerang The Blues. Apalagi Eden Hazard sedang tidak memiliki mood bagus dalam mencetak gol. Satu-satunya harapan Conte ada di pundak Willian, yang namanya mencuat dengan torehan golnya. Dia sukses menciptakan dua gol dalam dua laga, salah satunya saat membawa The Blues mengalahkan Palace akhir pekan lalu. Berkat performa apiknya, winger asal Brasil kabarnya mendapat jaminan di tempat utama oleh Antonio Conte. Willian telah membukukan tiga gol dan satu assists di Liga Champions, serta torehan enam gol dan enam assists di Liga Inggris. Dia juga merupakan momok pertahanan Blaugrana di pertemuan pertama, dengan satu gol berkelasnya dari luar kotak penalti. Tingkat kepercayaan diri tengah membludak, diharapkan hal itu bisa membantu Singa Biru mencabik-cabik Camp Nou untuk kesekian kalinya. Meski begitu, tentu saja berat untuk mengalahkan Azulgrana di kandangnya, tapi modal besar harus dibawa tidak hanya mengandalkan rekor bagus mereka apalagi kenangan manis di Camp Nou. Maka dari itu, laga ini diprediksi akan menjamin keseruan, pasalnya sang tamu butuh kemenangan untuk lolos. Chelsea memang punya kenangan manis di Camp Nou pada musim 2012/13 lalu, karena rekor pertemuan memang selalu memihak kubu London. Karena itu, meski Barca hanya butuh hasil imbang tanpa gol,namun skuat besutan Ernesto Valverde jelas membidik kemenangan. Tentu bukan Barca namanya jika mereka tak ingin mencoba mendapat kesempurnaan. Apalagi mereka tengah berbahagia usai memecahkan rekor tak terkalahkan terpanjang di La Liga dengan 35 laga. (adp-dc-bc-sbc)

Perkiraan Pemain: Barcelona (4-4-2): Andre ter Stegen; Jordi Alba, Samuel Umtiti, Gerard Pique, Sergi Roberto; Andre Iniesta, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Paulinho; Lionel Messi, Luis Suarez Chelsea (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Antonio Rudiger, Andreas Christensen, Cesar Azpilicueta; Victor Moses, N’Golo Kante, Cesc Fabregas, Marcos Alonso; Pedro Rodriguez, Willian; Eden Hazard

Menjemput Kekalahan Terhormat Istanbul | Jurnal Asia Kekalahan telak 5-0 di leg pertama kontra Bayern Munchen tidak akan membuat Besiktas bermain nothing-to-lose kala balik menjamu raksasa Jerman itu di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (15/3) dinihari WIB. Sebagai salah satu tim terbesar di Turki, sang Elang Hitam setidaknya ingin memberi kemenangan untuk para fansnya di Vodafone Arena sebelum berpisah dengan Liga Champions musim ini. Berstatus sebagai juara bertahan Turkey Super Lig kampanye Besiktas di Liga Champions 2017/2018 musim ini sebenarnya sangatlah sukses. Tim asuhan Senol Gunes ini bahkan melebihi ekspektasi publik dengan mampu lolos ke fase knock out dengan status juara grup yang beranggotakan FC Porto, RB Leizpig, juga AS Monaco. Mereka hanya sial saja di babak 16 besar. Undian justru mempertemukan dengan Bayern yang dari tahun ke tahun bertitel sebagai favorit juara layaknya Real Madrid juga Barcelona. Bayern sendiri dipastikan sedang berada dalam posisi ternyaman saat ini. Tidak cuma karena satu kaki sudah berada di fase perempat inal Liga Champions, tapi juga di kancah Bundesliga juga sudah terlanjur jauh memimpin. Saat delapan tim di bawahnya masih bisa bertukar posisi, dengan encer Die Roten kokoh di puncak dengan 66 poin yang berjarak 20 angka dari Schalke 04 sang runner up. Performa pasukan arahan Jupp Heynckes ini juga sangat luar biasa stabil dengan 19 partai beruntun tanpa kekalahan. Hanya satu di antara 19 partai tersebut yang berhasil imbang. Kekalahan terakhir mereka di ajang kompetitif adalah kala mereka dipermalukan oleh Borussia Monchengladbach dengan skor 2-1 pada November 2017 silam. Hal ini makin menegaskan bagaimana kencangnya laju Bayern musim ini meski sempat terjadi pergantian pelatih. Bertandang ke Istanbul nanti, Heynckess bakalan melakukan rotasi besar-besaran. Hal ini tentunya demi penyegaran skuatnya. Dengan rotasi itu, maka praktis Sandro Wagner patut bahagia. Pasalnya jika Heynckess memutuskan akan mengistirahatkan Robert Lewandowski, sang bomber utama, maka ia bisa kembali mendapatkan jam terbang sekaligus menjalani debut di Liga Champions musim ini ini setelah kembali dari Hofenheim pada Januari silam. Sejauh ini Wagner yang berusia 30 tahun baru dimainkan tujuh kali di Bundesliga dan sudah mencetak tiga gol. Selain itu, Bayern pun memang dalam situasi yang tidak bisa menurunkan staring eleven terbaiknya. Kiper Manuel Neuer, Kingsley Coman, Corentin Tolisso, serta James Rodriguez masih berada di ruang perawatan. Namun begitu, rotasi besar tampaknya tetap akan terjadi di tubuh FC Hollywood. Lewandowski, Joshua Kimmich, dan Sebastian Rudy hanya perlu mendapatkan satu kartu kuning saja untuk dijatuhi suspensi satu laga. Dengan kemungkinan untuk bertemu sesama klub raksasa akan makin besar di perempat inal maka alangkah baiknya jika Heynckes menyimpan ketiganya di bangku cadangan saja. Tuan rumah pun dalam kondisi serupa. Akan ada banyak pemain Besiktas yang akan absen di laga ini dengan alasan cedera maupun suspensi. Yang masuk dalam kategori pertama adalah Gokhan Tore, Atinc Nukan, dan Pepe. Sedangkan Domagoj Vida sedang menjalani hukuman larangan tampil usai menerima kartu merah langsung di leg pertama lalu. Praktis kini lini pertahanan Besiktas tengah rapuh-rapuhnya. (sbc-adp-mrc)

Harian Jurnal Asia Edisi Rabu, 14 Maret 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Rabu, 14 Maret 2018

Harian Jurnal Asia Edisi Rabu, 14 Maret 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Rabu, 14 Maret 2018

Advertisement