Page 13

selasa 13 maret 2018

13

SEREMONI

Perluasan PKH 2019 Butuh Kajian Seksama

Antara | Adiwinata Solihin PENINGKATAN PEREKONOMIAN MELALUI SAMPAH. Pekerja memilah dan mengepak sampah kardus di Tempat Pengolahan Sampah (TPS) swadaya masyarakat di Moodu, Gorontalo, Gorontalo, Senin (12/3). Pemanfaatan sampah di Gorontalo kini menjadi salah satu faktor peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat.

Omzet BUMN Perikanan Naik 3 Kali Lipat Boston | Jurnal Asia Kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mulai terasa. Salah satunya yakni angka ekspor ikan yang meningkat. Setidaknya, berkah itu dapat dilihat di 2 BUMN yaitu PT Perikanan Nusantara (Persero) & Perum Perikanan Indonesia (Perindo). Keduanya menangguk angka penjualan hingga 3 kali lipat lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Perikanan Nusantara, membukukan penjualan Rp 400 miliar pada 2017, jauh lebih tinggai dari 2016 yang hanya Rp 120 miliar. Sementara itu, Perindo mampu menjual hingga Rp 602 miliar pada 2017, jauh lebih tinggi dari 2016 yang senilai Rp 220 miliar. “Ini menjawab (pertanyaan orang) ngapain sih ini illegal ishing ditengelamtenggelamin. Target saya, Rp 1,038 triliun untuk tahun ini,” kata Presiden

Direktur Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda usai penandatanganan kontrak baru senilai US$ 9 juta dengan 2 perusahaan Amerika Serikat (AS) di ajang pameran Seafood Expo North Amerca (SENA), di Boston, AS, Minggu (11/3) waktu setempat. Dua perusahaan swasta AS tersebut yakni North Atlantic Inc dan Harbor Seafood Inc. Perusahaan AS ini bergerak di bidang ritel dan menjual produk dari Indonesia yang sudah siap dipasarkan. “Ini menunjukkan bahwa kita mampu mengenalkan produk dan lolos FDA di Amerika. Itu yang paling susah. Artinya kalau kita bisa tembus di sini, kita bisa tembus ke manapun,” ucap Risyanto yakin. Menanggapi tingginya pasar tersebut, Susi yang ikut menyaksikan penandatangan kontrak tersebut optimistis. Kebijakan KKP mampu

mendorong ekspor dan peningkatan industri dalam negeri secara maksimal. “Ini (penenggelaman kapal illegal fishing) katanya nggak membela industri. Industri tidak bergerak. Gimana ceritanya? Semua tumbuh 2-3 kali lipat. Itu saja mereka (2 perusahaan BUMN) yang masih tidak efisien, tumbuhnya 2-3 kali lipat, apalagi yang swasta. Cuma swasta pada nggak mau ngomong, takut,” ucap Susi pada kesempatan serupa. Sebagai catatan, Amerika merupakan pasar penting ekspor ikan Indonesia. Dari tahun ke tahun, angka ekspor terus meningkat. Menurut data Ditjen PDSPKP KKP, ekspor ikan ke AS mencapai US$ 1,8 miliar (2017) atau meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai US$ 1,6 miliar. Nilai itu didominasi oleh penjualan cumisotong-gurita yang mencapai US$ 25,9 juta. (dc/van)

Kemenag Gelar Aanwjzing Penyediaan Katering Jemaah Haji Jeddah | Jurnal Asia Kementerian Agama menggelar Aanwijzing Penyediaan Katering Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi tahun 1439H/2018M. Aanwijzing digelar di Kantor Teknis Urusan Haji Jeddah. Aanwijzing merupakan awal rangkaian proses penyediaan katering untuk jamaah haji Indonesia tahun 1439H/2018M. “Saya harap dengan adanya acara ini tercipta iklim kompetisi positif dalam meningkatkan pelayanan katering kepada jamaah haji,” Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis di Jeddah, Senin (12/3). Menurut Sri Ilham, antusiasme peserta Aanwijzing sangat besar. Aula Kantor Teknis Urusan Haji Jeddah dipadati sekitar 148 pengusaha yang bergerak dalam bidang katering. Kenaikan harga BBM dan bahan baku makanan seiring diberlakukannya kebijakan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di Arab Saudi,

sepertinya tidak menyurutkan para pengusaha katering untuk ikut serta dalam Aanwijzing. Kepada para peserta, Sri Ilham menyampaikan, indeks kepuasan jamaah haji Indonesia terus mengalami kenaikan. Artinya upaya yang dilakukan seluruh stakeholder haji termasuk para penyedia katering dinilai baik di mata Jemaah. “Harapannya, tahun ini akan meningkat Indeks Kepuasan Jamaah Haji (IKJH) dari sebelumnya di angka 84,85 menjadi 85 (sangat memuaskan),” ujarnya. Sri Ilham menambahkan, pemerintah pada operasional haji tahun ini akan menambah porsi makanan bagi jamaah haji selama di Makkah. Kalau tahun lalu sebanyak 25 kali makan, tahun ini ditambah menjadi 40 kali makan. “Hal ini sebagai respons terhadap harapan jamaah haji, sehingga diharapkan jamaah dapat konsentrasi melaksanakan ibadahnya selama di Tanah Suci,” kata Sri.

Dalam proses penyediaan katering, tahun ini pemerintah mensyaratkan kepada seluruh penyedia untuk menggunakan produk dan bumbu makanan Indonesia, serta juru masak Indonesia yang berkompeten. Karena selama ini masih terdapat komplain dari sebagian jamaah bahwa makanan yang dihidangkan belum memenuhi cita rasa makanan nusantara. “Hal ini juga sejalan dengan arahan presiden Jokowi yang selalu meminta seluruh unit pemerintahan untuk bisa memaksimalkan penggunaan produkproduk Indonesia,” tuturnya. Bersamaan dengan aanwijzing, Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah bekerja sama dengan KJRI Jeddah melaksanakan pameran produk makanan dan minuman Indonesia di Kantor Teknis Urusan Haji Jeddah. Pameran tersebut diikuti 8 importir Arab Saudi dan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 10 – 12 Maret 2018. (rep/van)

Jakarta | Jurnal Asia Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat mengaku Kemensos siap menjadi kementerian teknis yang mendistribusikan perluasan bantuan sosial (bansos) program keluarga harapan (PKH) 2019. Namun, itu butuh kajian seksama, termasuk kemampuan fiskal yang dimiliki Indonesia. “Selain itu, kajian yang juga diperlukan adalah sejauh mana perluasan kepesertaan PKH itu berkorelasi dengan penurunan angka kemiskinan. Kajian semacam ini di Bappenas,” katanya usai konferensi pers pencapaian PKH tahap 1 2018, di Jakarta Pusat, Senin (12/3). Hal yang tidak boleh dilupakan yaitu sejauh mana efektifitas perluasan kepesertaan PKH itu dari aspek perluasan itu sendiri. Pada dasarnya, Harry melihat, pernyataan Presiden tersebut sebagai bentuk keseriusan pemerintah mencapai target pengurangan kemiskinan. Dalam rencana kerja pemerintah (RKP) 2019 disebutkan bahwa pengurangan kemiskinan dan pembangunan manusia sebagai prioritas

pertama dalam pembangunan nasional. “Jadi ini cerminan keinginan kuat pemeritah yang perlu didukung kemampuan fiskal yang sepadan,” ujarnya. Harry memastikan, Kemensos siap jika memang pemerintah meningkatkan perluasan PKH menjadi 15 juta KPM 2019. Ia menerangkan dulu pada saat perluasan dari Rp 6 juta menjadi Rp 10 juta, banyak pihak meragukan Kemensos namun ternyata dugaan itu salah. “Jadi kalau diputuskan menjadi Rp 15 juta, Insya Allah kami siap,” kata Harry. Namun, selain dengan memperhatikan hasil kajian yang sedang berjalan, juga harus dilakukan sejumlah persiapan sebelum PKH diperluas menjadi 15 juta KPM. Misalnya, persiapan tentang lokasi KPM PKH yang diperluas, butuh waktu juga untuk rekrutmen sumber daya manusia (SDM) PKH. “Perlu waktu bimbingan teknis SDM PKH baru, pembuatan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), pembukaan rekening, dan lainnya. “Tahapan persiapan ini kan harus dilalui. Paling tidak semua ini membutuhkan waktu lima bulan sebelumnya,” ujarnya. (rep/van)

KATA PERENUNGAN He, who venerates those venerable ones, is they the Buddhas or disciples; those who have overcome obstacles and gone beyond distress and lamentation, those who are serene and all – secure – No one is able to calculate His merit as ‘such and such : Dia yang memuja mereka yang patut dipuja, yakni Sang Buddha dan para siswa – Nya yang telah mengatasi lima rintangan batin, yang terlepas dari kesedihan dan ratap tangis, yang damai dan aman; tidak seorang pun dapat mengukur jasa kebajikannya “sebanyak ini BUDDHA VAGGA XIV : 196 atau itu”.

要培養一分清淨無染的愛。 在感情上不要有得失心, 不要想回收,就不會有煩惱。 Bila kita ingin memupuk dan membina cinta kasih yang murni, jangan biarkan perasaan ‘ingin memiliki’ dan ‘takut kehilangan’ menguasai hati kita. Jika kita tidak mengharapkan imbalan, maka tidak akan timbul kerisauan.

- Kata Perenungan Master Cheng Yen -

~ 摘錄自證嚴上人靜思語 ~

Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Maret 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Maret 2018

Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Maret 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Maret 2018

Advertisement