Page 1

Peserta Pilkada tidak Boleh Terima Sumbangan Tunai Halaman 4 seLasa, 13 maret 2018 nomor 1.615 tahun Vi

Rp3.000 (Luar Kota + ongKos Kirim)

38.647 Peserta SNMPTN Bersaing Masuk USU harianjurnalasia

HarianJurnalAsia

jurnalasia.com

Halaman 5

Poldasu Ringkus 4 Anggota Jaringan Nova Zein Halaman 6

Setnov Terindikasi TPPU Halaman 7

Biaya Haji 2018 Disepakati Rp35,2 Juta

Antara | Irsan Mulyadi IJAZAH BAKAL CAGUB SUMUT. Bakal calon Gubernur Sumatera Utara yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sumut JR Saragih (tengah) didampingi pengurus partai, memberi keterangan kepada wartawan tentang kelengkapan berkas calon Gubernur Sumatera Utara, di Medan, Senin (12/3). JR Saragih yang diperintahkan Bawaslu Sumut dalam putusan sidang sengketa Pilkada untuk melakukan legalisir ulang fotokopi ijazah SMA, mengaku kehilangan ijazah asli dan pihaknya telah mengurus Surat Keterangan Pengganti Ijazah.

Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR menyepakati biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2018 sebesar Rp 35.235.290. Angka ini mengalami kenaikan sebesar Rp 345.290,00 atau 0,9 persen dibanding BPIH tahun 2017. Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan kesepakatan itu diambil dalam rapat kerja antara kedua pihak, Senin (12/3). Dirinya mendapat laporan mengenai hasil pertemuan. BPIH 2018 sebesar Rp 35.235.602,00 dengan rincian harga rata-rata komponen penerbangan ke Saudi Arabia sebesar Rp 27,495 juta. Lalu harga rata-rata pemondokan Mekkah sebesar 4.504 riyal. (Bersambung ke halaman 11)

KPU Sumut-JR “Panas” Ancam Pidana Bila Leges SKPI Masih TMS medan | Jurnal asia Perseteruan JR Saragih dan KPU Sumut di ajang gugatan Pilgubsu bakal makin panas. Apalagi ternyata putusan Bawaslu, yang semula menyatakan agar JR meleges ulang fotocopy ijazah SMA tak bisa dipenuhi. Sebaliknya, cuma leges Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) yang bisa ditunjukkan sebagai barang bukti. JR Saragih bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu, Senin (12/3), berangkat ke Suku Dinas DKI Jakarta. Tujuannya adalah melegalisir ulang fotocopy Ijazah SMA, sesuai dengan keputusan musyawarah sengketa di Bawaslu.

Awalnya, semula berjalan dengan wajar. Bahkan, dengan adanya legalisir ini akan mengakhiri drama, dicoretnya JR oleh KPU. Di luar dugaan, JR Saragih bukan mengeluarkan Fotocopy Ijazah untuk dilegalisir, melainkan Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) lantaran ijazahnya hilang di Jakarta. Tentunya, dengan legalisir dokumen yang tidak sesuai dengan putusan Bawaslu ini menimbulkan tanda tanya besar. Apakah nantinya KPU Sumut dapat menerimanya atau malah kembali menetapkan bakal calon (balon) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tidak Memenuhi Syarat (TMS). (Bersambung ke halaman 11)

”Yang dileges ulang bukan foto copy ijazah tetapi surat keterangan pengganti ijazah.” anggota KPu sumut iskandar Zulkarnain

Minggu Ini Peserta Pilkada Tersangka Diumumkan Pemerintah Minta KPK Menunda Jakarta | Jurnal Asia Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo mengatakan, pihaknya akan mengumumkan peserta pilkada 2018 yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi. “Beberapa orang yang akan ditersangkakan itu, Insya Allah kita umumkan,” kata Agus di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (12/3). Sebelummya, dalam Rakernis Polri di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Selasa (6/3), Agus mengatakan, ada beberapa calon peserta pilkada yang hampir menjadi tersangka. Agus enggan membeberkan siapa peserta pilkada yang akan ditetapkan sebagai tersangka itu. Termasuk berasal dari daerah mana. “Janganlah, minggu ini kita umumkan,” ujar Agus. (Bersambung ke halaman 11)

KeTUA KPK Agus Rahardjo (kedua kiri) bersama Ketua DPR Bambang Soesatyo (kiri) dan anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Alhabsyi (ketiga kiri) memberikan keterangan seusai menghadiri laporan tahunan KPK di gedung KPK, Jakarta, Senin (12/3). Antara | Haidz Mubarak

Antara | Puspa Perwitasari MenTerI Agama Lukman Hakim Saifuddin (ketiga kanan) dan Komisi VIII DPR berfoto bersama seusai penetapan BPIH dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/3). Pemerintah dan DPR sepakat biaya haji 2018 sebesar Rp35,23 juta per jemaah atau naik 0,9 persen dari tahun sebelum.

Driver Online Membludak Kredit Macet Mengancam Pemerintah Ultimatum Stop Rekrutmen Jakarta | Jurnal Asia Seluruh aplikator atau penyedia aplikasi taksi online diminta untuk tidak menerima lagi pendaftaran baru pengemudi taksi online, Senin (12/3). Alasannya, jumlah pengemudi taksi online telah melebihi dari kuota yang ditetapkan. Hal itu diputuskan dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di kantornya, Senin 12 Maret 2018. Hadir dalam rapat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Korlantas Polri, Dinas Perhubungan, dan tiga perusahaan utama penyedia aplikasi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, keputusan itu diambil dari masukan beberapa pihak yang kemudian diputuskan oleh Menko Luhut. (Bersambung ke halaman 11)


2

SelaSa 13 Maret 2018

MEDAN

Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Sibolga

Kejatisu Limpahkan Berkas 10 Tersangka ke Pengadilan Pekan Ini Medan | Jurnal Asia Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) berencana melimpahkan berkas milik 10 orang tersangka yang merupakan rekanan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sibolga dalam kasus dugaan korupsi dana pembangunan rigid beton di kota tersebut. Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sumut, Sumanggar Siagian mengatakan, berkas para tersangka itu telah lengkap dan akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Medan pada pekan ini. “Rencananya pekan ini kita akan melimpahkan berkas perkara 10 rekanan Dinas PU Sibolga ke pengadilan, terkait kasus dugaan korupsi pembangunan proyek jalan dengan konstruksi rigid beton di Sibolga,” kata Sumanggar, Senin (12/3). Adapun ke-10 rekanan yang berkasnya akan dilimpahkan ke pengadilan yaitu Jamaluddin Tanjung selaku Direktur PT Barus Raya Putra Sejati, Ivan Mirza selaku Direktur PT Enim Resco Utama, Yusrilsyah selaku Direktur PT Swakarsa Tunggal Mandiri, Pier Ferdinan Siregar selaku Direktur PT Arsiva, Mahmuddin Waruwu selaku Direktur PT Andhika Putra Perdana. Kemudian Erwin Daniel Hutagalung selaku Direktur PT Gamox Multi Generalle, Hobby S Sibagariang selaku Direktur PT Bukit

Zaitun, Gusmadi Simamora selaku Direktur PT Andika Putra Perdana, Harisman Simatupang selaku Wakil Direktur CV Pandan Indah serta Batahansyah Sinaga selaku Dir VIII CV Pandan Indah. “Karena masa penahanan mereka juga akan habis, maka kita segerakan pelimpahan berkasnya,” sebut mantan Kasipidum Kejari Binjai itu. Sementara, berkas untuk tiga tersangka yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemko Sibolga, yaitu Kepala Dinas (Kadis) PU Marwan Pasaribu, Ketua Pokja Rahman Siregar dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Safaruddin Nasution masih dalam proses di jaksa bagian penuntutan. “Untuk ketiga tersangka ini masih dalam proses. Tapi begitu dinyatakan lengkap pasti akan segera kita limpahkan juga,” ungkap Sumanggar. Untuk diketahui, dalam kasus ini penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sumut telah menetapkan 13 orang sebagai tersangka dalam kasus korupsi di Dinas PU Kota Sibolga, yang anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tambahan usulan daerah yang tertuang dalam DPA Dinas PU Sibolga TA 2015 senilai Rp65 miliar dan diketahui merugikan keuangan negara sebesar Rp10 miliar. (markus/rol)

Pedagang Pasar Marelan Bongkar Kios Secara Sukarela Medan | Jurnal Asia Pembongkaran lapak atau kios milik pedagang Pasar Marelan Medan berjalan lancar dan damai, Senin (12/3). Pembongkaran dilakukan para pedagang secara sukarela menyusul akan dioperasikannya gedung baru Pasar Marelan dalam waktu dekat. Selain petugas PD Pasar Kota Medan, pembongkaran kios turut dibantu personil Satpol PP beserta unsur Muspika Kecamatan Medan Marelan. Sejumlah alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan juga diturunkan guna mendukung proses pembongkaran. Apalagi sebelumnya pihak PD Pasar telah memberitahukan secara lisan mau tulisan kepada para pedagang agar segera mengosongkan lapak atau membongkar sendiri lapaknya. Ditambah lagi pembongkaran itu pun atas prakarsa maupun inisiatif para pedagang agar akses masuk menuju Pasar Mini Marelan terbuka lebar. Menurut Direktur Operasional PD Pasar Medan, Osman Manalu, pembongkaran berjalan dengan lancar meski sebelumnya sempat ada penolakan. “Namun setelah ditelusuri ternyata yang menolak itu pedagang kakilima (PKL) yang selama ini berjualan di pinggiran Jalan Marelan Raya. Tapi setelah kita lakukan pendekatan persuasif, termasuk oleh pedagang yang mendukung penuh dilakukannya pembongkaran tidak ada masalah,” kata Osman. Dijelaskan Osman, proses pembongkaran berjalan dengan lancar dimulai sekitar pukul 14.30 sampai 17.00 WIB. “Yang membongkar pedagang langsung, kita sifatnya hanya melakukan pengawasan saja, termasuk Satpol PP maupun unsur Muspika Kecamatan Medan Marelan. Begitu pedagang terlihat kesulitan, barulah kita membantu,” jelasnya. Dengan pembongkaran yang dilakukan,

sambung Osman, akses jalan masuk menuju Pasar Mini Marelan pun kini terbuka lebar. Sebab, sudah banyak kios maupun lapak milik pedagang yang telah dibongkar dan rata dengan tanah. Dijelaskannya, pembongkaran tadi merupakan kios milik pedagang yang selama ini berjualan dengan menggunakan mesin serta peralatan yang cukup banyak. “Pembongkaran akan dilanjutkan kembali besok, sebab para pedagangnya sudah menandatangani setuju dilakukan pembongkaran. Ditambah lagi tempat mereka pun belum siap sepenuhnya dan masih dalam pengerjaan. Kita upayakan dalam sepekan ini pembongkaran dan pembersihan selesai dilakukan. Apalagi kita didukung penuh alat berat dari Dinas PU,” ungkapnya. Selanjutnya Osman menjelaskan, para pedagang yang kiosnya telah dibongkar, mereka selanjutnya akan menempati lantai satu Pasar Mini Marelan yang terdapat sekitar 170-an kios/lapak. “Jadi besok langsung kita uji cobakan pengoperasian Pasar Mini Marelan. Dengan demikian para pedagang yang kiosnya telah dibongkar langsung dapat berjualan,” paparnya. Ketika disinggung mengenai PKL yang berjualan di pinggir Jalan Marelan Raya, Osman mengatakan pihak PD Pasar tentunya harus menggelar rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menyikapinya. Dari rapat itu nantilah akan ditentukan bagaimana penanganan yang akan dilakukan terhadap PKL tersebut. “Saat ini kita fokus untuk mendukung pedagang membongkar kios miliknya serta uji coba pengoperasian Pasar Mini Marelan. Kita harapkan semua berjalan dengan lancar sehingga aktivitas jual beli berjalan dengan lancar. Kita pun berpesan kepada para pedagang terkait dengan masalah Pasar Mini Marelan hendaknya langsung berkoordinasi dengan pihak PD Pasar guna dicarikan solusinya,” tukasnya. (anol/rol)

Jurnal Asia | Ist

SIDANG. Dua terdakwa pengadaan bibit karet okulasi PB 260 di Kabupaten Nias, Dodi Triaman Berkat Mendrofa selaku Wakil Direktur II CV Nodela Solai dan Kurniel Disaron Zendrato selaku Pejabat Pembuat Komitmen disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (12/3).

Dua Terdakwa Korupsi Bibit Karet Sidang Perdana Medan | Jurnal Asia Dua terdakwa pengadaan bibit karet okulasi PB 260 di Kabupaten Nias, Dodi Triaman Berkat Mendrofa selaku wakil direktur II CV Nodela Solai dan Kurniel Disaron Zendrato selaku Pejabat Pembuat Komitmen (berkas terpisah), disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (12/3). Keduanya diduga telah melakukan tindak pidana korupsi (Tipikor) dengan kerugian negara sebesar Rp589.085.000 dari dana yang dianggarkan pada tahun 2016 lalu dengan anggaran lebih dari Rp2 miliar, yang bersumber dari dana APBD Nias. “Terdakwa Dodi dalam dakwaan primer disebut tidak melakukan pengadaan bibit karet okulasi PB 260 sesuai dengan surat perjanjian dan surat pesanan yang telah ditandatangani terdakwa selaku Wakil Direktur II CV Nodela Solai,” ucap JPU Yus Iman M Harefa SH MH didepan majelis hakim yang diketuai oleh Sri Wahyuni SH MH. Jaksa menambahkan, proses lelang pengadaan bibit karet okulasi tersebut dilakukan sebanyak dua kali oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang berbeda. Dimana pada lelang yang kedua, Pejabat PPK yang ditugaskan adalah Kurniel Disaron Zendrato yang juga merupakan terdakwa dalam kasus ini. “Pelelangan bibit dilakukan sebanyak dua kali, dengan PPK Kurniel Disaron Zendrato di pelelangan yang kedua dengan kode lelang 873593,” ungkap Jaksa Yus Iman. Ditambahkannya, Terdakwa Dodi dan Kurniel telah bersama-sama melakukan permufakatan dalam melakukan tindak pidana korupsi, dengan tidak menyediakan bibit karet bersertiikat sebanyak

123.000 batang sesuai dengan perjanjian. “Dari 123.000 batang bibit karet okulasi PB 260 yang telah disepakati dalam perjanjian, terdakwa hanya menyediakan 120.000 batang bibit karet okulasi PB 260 yang bersertiikat. Dari situ dapat diketahui bahwa nilai kerugian negara ada pada angka Rp589.085.000, dengan perhitungan nilai yang dibayarkan dikurangkan dengan nilai yang terealisasi. Dan atas jasa PPK Kurniel dalam hal ini, terdakwa Dodi memberikan imbalan sebesar Rp10 juta,” tambah Yus Iman. Pada kasus ini, Jaksa Penuntut menjelaskan bahwa Terdakwa diancam pidana melanggar Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b, Ayat (2), (3) UU RI No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1e KUHPidana. Usai mendengarkan dakwaan Jaksa, kedua terdakwa menyatakan tidak mengajukan eksepsi (keberatan) atas dakwaan yang ditujukan kepada keduanya. Atas hak itu, majelis hakim pun menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi. Pantauan Jurnal Asia, pasca persidangan, awak media mencoba melakukan konfirmasi kepada kedua terdakwa bersama penasihat hukumnya yang berada diluar ruang sidang. Namun kedua terdakwa tidak bersedia dikonfirmasi, bahkan sempat melarang wartawan untuk tidak melakukan pemberitaan atas persidangan tersebut. (markus/rol)

KeMeNTeRIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/ BADAN PeRTANAHAN NASIONAL KANTOR PeRTANAHAN KABUPATeN ASAHAN Jalan WR. Supratman Nomor 6 TELP. 0623-41050 Kisaran

PeNGUMUMAN Nomor: 1079/6.300/XII/2017 Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Asahan, dengan ini memberitahukan kepada khalayak ramai, atas nama SAMSUDDIN MARPAUNG, Tempat/ Tanggal Lahir Hessa Air Genting/ 31-121965, Warganegara Indonesia, Pekerjaan Wiraswasta, beralamat di Dusun VI, Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Mengajukan Surat Permohonan tanggal 30 November 2016, untuk memperoleh Hak Milik atas sebidang tanah yang dikuasai langsung oleh Negara, di Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara, Luasnya: 868m2 (delapan ratus enam puluh delapan meter persegi), Statusnya Tanah Negara, Peruntukannya Tanah Perumahan, Batas-batasnya: Sebelah Utara dengan Tanah Selamet 41 m., Sebelah Timur dengan Tanah Nurhayati 20,9 m., sebelah Selatan dengan Tanah Wano 42 m., Sebelah Barat dengan Jalan 21 m. Sebagaimana dilukiskan dalam Peta Bidang Tanah Nomor: 225 / 2017 tanggal 8 Maret 2017 dengan Nomor Identiikasi Bidang (NIB) 02.07.06.10.00415


SelaSa 13 Maret 2018

3

MEDAN

Wagubsu Ajak Masyarakat Sumut Sukseskan Paskah Nasional 2018 Medan | Jurnal Asia Perayaan Paskah Nasional ke-14, yang akan digelar di kawasan Danau Toba pada 25-28 April 2018 akan dihadiri puluhan ribu jemaat dan masyarakat sekitar Danau Toba serta luar kawasan Danau Toba. Untuk itu, diharapkan seluruh masyarakat dan pihak terkait memberikan dukungan penuh untuk menyukseskan acara tersebut. Selain itu, mengingat Perayaan Paskah Nasional semakin dekat, maka diharapkan kepada setiap kabupaten di Kawasan Danau Toba dan para pengurus kepanitiaan dapat memberikan ide dan masukan untuk menyukseskan perayaan even nasional ini. Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Brigjen (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH saat memimpin Rapat Lanjutan Persiapan Perayaan Paskah Nasional di ruang rapat EWP Tambunan Lantai VIII Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Senin (12/3) yang sebelumnya telah menerima audiensi dari Panitia Perayaan Paskah Nasional. Karena ini merupakan perhelatan besar, menurut Wagubsu Nurhajizah, maka perlu adanya kesiapan 8 kabupaten di kawasan Danau Toba untuk dapat memberikan sumbangsih dan peran sertanya, sehingga tidak ada kendala dan berjalan lancar. “Kita harus mempersiapkan semuanya, mulai dari kehadiran jemaat dan massa lainnya, jadwal, angkutan umum seperti bus dan kapal di kawasan Danau Toba, penginapan atau hotel, makanannya, cuaca, lokasinya hingga segala sesuatu yang berkaitan dengan acara ini. Kalau salah satu dari seksi acara ini tidak bagus nantinya tentu masyarakat akan kecewa karena acara ini bukanlah acara biasa. Apalagi direncanakan Presiden RI Joko Widodo akan menghadiri perayaan ini,“ ujar Wagubsu, yang didampingi Kadis Pariwisata Sumut

Jurnal Asia | Ist

PIMPIN RAPAT. Wakil Gubernur Sumatera Utara, Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH yang juga sebagai Ketua Umum Panitia Paskah Nasional 2018 memimpin rapat tindak lanjut penyelenggaraan Paskah Nasional 2018 di Ruang Rapat EWP Tambunan, lantai VIII Kantor Gubsu, Senin (12/3). Hidayati, Kasatpol PP Provsu Anthony Siahaan, Kadis Kehutanan Sumut Halen Purba, Kepala Biro Perekonomian Ernita Bangun, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Eric Aruan, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset Sumber Daya Alam Provsu Elisa Marbun dan Kepala Biro Bina Sosial M Yusuf. Perayaan Paskah Nasional ini, bukan hanya perayaan seremonial semata tetapi juga sekaligus dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan serta mendorong percepatan kawasan Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata internasional. Mendorong percepatan destinasi wisata Geopark Kaldera Toba (GKT) masuk dalam Unesco Global Geopark (UGG). Juga dapat mengubah wajah kabupaten di kawasan Danau Toba semakin maju, pungkas Nurhajizah. Sebelumya, Ketua Harian Panitia Perayaan Paskah Nasional, Bonar Sirait menyampaikan, Paskah Nasional ke-14 akan dibuka 25 April 2018 di Sigulati Kabupaten Samosir dan Penutupan/Ibadah Raya para 28 April 2018 di Balige Kabupaten Toba Samosir. “Paskah Nasional bertemakan “Karya Terbesar” dan Sub Tema ‘Merawat

Keutuhan CiptaanNya’ dan akan mengadakan beberapa kegiatan sosial,” kata Bonar, yang didampingi Wakil Ketua Sihar Panjaitan, Sekretaris I Jadi Pane SPd, Pdt Antoni Silaban, Pdt Ulaman Sihotang, Pdt Karolina Sembiring, Ny. F Sitompul, Tatiana Sitompul, Tiopan Tampubolon, Imanuel Sinaga (Panitia dari Jakarta), Pdt Dr Langsung Sitorus, Bishop Pdt KW Sinurat (Bishop GMI), penasehat SB Sitompul dan panitia lainnya. Menurut Bonar, selain acara Paskah Nasional, juga digelar Kirab Obor Paskah “Perdamaian dan Kerukunan” dari Danau Tondano (Sulut) ke Danau Toba (Sumut). Parjalanan obor akan dimulai 19 Maret dari Danau Tondano (Sulut) dengan melalui 26 kota di Indonesia hingga sampai Provinsi Sumut dengan menyinggahi Kota Medan, Pematangsiantar, Parapat, Pangururan, Sigulati dan Balige pada 28 April 2018. Pelepasan obor Paskah akan dimulai di tepi Danau Tondano pada 19 Maret 2018. Karena menjadi titik awal keberangkatan mengingat Tag Line dan Kirab Obor Paskah 2018 ini adalah dari Danau Tondano ke Danau Toba. Lalu pada puncak acara perayaan Paskah 25-28 April 2018 di Samosir dan Toba Samosir. (markus/rol)

Kedatangan Wisma ke Sumut Terus Menurun

Pemerintah Daerah Harus Tanggap Medan | Jurnal Asia Sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang terbesar bagi devisa negara ataupun daerah. Pemerintah daerah diharapkan berperan aktif dan tanggap mencari solusi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebab sektor ini mengalami penurunan jumlah kunjungan. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara, Syech Suhaimi mengatakan, selama Januari 2018 jumlah kunjungan wisman di Sumut hanya mencapai 14.999 kunjungan atau mengalami penurunan sebesar 46.39 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai27.978 kunjungan. Angka ini juga lebih kecil 25,79 persen jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada Januari 2017 lalu dari 20.212 kunjungan pada bulan Januari 2017 menjadi 14.999 kunjungan. “Jumlah kunjungan wisman ke Sumut mengalami penurunan. Pada Januari 2018, wisman dari Malaysia merupakan pengunjung yang terbanyak dengan 8.900 kunjungan atau 59,34 persen dari total wisman yang berkunjung di Sumut,” katanya, Senin (12/3). Anggota DPR Komisi X Sofyan Tan mengakui, perkembangan industri pariwisata di Sumut masih berjalan lambat. Ada tiga faktor yang perlu menjadi fokus pemerintah guna meningkatkan kunjungan wisatawan yakni faktor keamanan, infrastruktur dan kejelasan agenda. Karena faktor infrastruktur jalan serta jarak tempuh yang terlalu lama untuk sampai ke lokasi wisata. Namun hal itu kini perlahan sudah diperbaiki saat Jokowi telah meresmikan Tol Medan-Tebingtinggi dan Bandara Silangit di Tapanuli Utara sebagai pintu masuk internasional ke Danau

Toba. “Persoalan-persoalan di Sumut ini bukan hanya kita bilang bahwa kita punya danau yang indah, terindah dan terbesar tetapi harus disiapkan sejak awal. Pembenahan infrastruktur juga sangat penting demi kemudahan mencapai tempat destinasi,” ucapnya. Faktor lain adalah keamanan yang masih harus jadi perhatian. Masih ada terdengar wisatawan yang dicopet di Sumut dan itu sangat mempengaruhi jumlah kunjungan wisata. Hal tersebut jadi pekerjaan rumah kepolisian dan kita bersama untuk memberikan rasa aman di destinasi wisata. Hal ketiga yang perlu dibenahi, agenda wisata besar seperti Festival Danau Toba yang kerap berubah-ubah. Hal ini menimbulkan kebingungan bagi para wisatawan yang hendak menyusun agenda perjalanannya. Menurutnya, untuk agenda besar seperti Festival Danau Toba, sudah selayaknya dipromosikan jauh-jauh hari agar informasinya bisa menjangkau lebih banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Promosi yang dilakukan terkait agenda wisata daerah ini pun kurang luas. Seharusnya, penyelenggara acara bisa melakukan promosi lebih luas hingga ke mancanegara dengan menggandeng para penyedia jasa layanan wisata baik dalam maupun luar negeri, terlebih dengan negara yang memiliki kedekatan sejarah dengan Indonesia. Namun, lagi-lagi, perubahan jadwal yang beberapa kali terjadi tentu mempersulit promosi kegiatan wisata ini di luar negeri. Untuk itu, dia menyarankan agar penyelenggara acara bisa merangkul atau bekerja sama dengan tim profesional dalam merancang perhelatan ini sehingga bisa ditata sedemikian rupa demi menarik pengunjung yang lebih banyak. (netty/rol)

Semarak Fortunate Open House Sekolah Maitreyawira Medan | Jurnal Asia Fortunate Open House Sekolah Maitreyawira yang berlangsung selama dua hari, Sabtu Minggu (10-11/3) berlangsung semarak dan sukses. Sebanyak 67 stand bazaar menempati lantai dasar Sekolah Maitreyawira yang menyedot perhatian ribuan pengunjung. Berbagai macam pilihan kategori produk seperti makanan, minuman, aksesoris, sembako, kosmetik, pernakpernik, produk kesehatan, buku dan alat tulis, mainan, perbankan, pendidikan, properti, otomotif, bridal, game zone, dan lainnya dihadirkan untuk para pengunjung bazaar. Selain bazaar, Event Fortunate Open House di sekolah Maitreyawira juga menampilkan acara menarik yang menjadi pusat perhatian pengunjung, seperti robotic show yang menampilkan demo Smart Home, Soccer Bot, Remote mobilmobilan dari handphone, dan pengukur tinggi badan digital. Di bagian science show and exhibition terlihat pameran hasil projek anak SD dengan tema “Rangkaian Listrik” dan demo eksperimen Magic Water, Air Terbalik, The Black Snake, Naked Egg, Flying Ghost dan Elephant Toothpaste. Aneka acara hiburan juga disuguhkan

untuk para pengunjung bazaar seperti Tarian Senam Kasih Semesta, solo, duet, chorus, acapella, drama musical, berbagai tarian, fashion show, violin Ensemble, guitar & piano performance, beatbox, ballet, Taekwondo, dll yang merupakan penampilan terbaik peserta didik Sekolah Maitreyawira mulai dari tingkat KB hingga kelas VI SD. Terlihat juga semarak kompetisi umum antar sekolah, di antaranya Lomba Rubik yang disponsori oleh Edu Toys, Lomba Family Costume, dan Lomba Happy Family Chef yang disponsori oleh Rose Brand turut memeriahkan event Fortunate Open House Sekolah Maitreyawira tahun ini dengan total hadiah puluhan juta rupiah. Tidak hanya itu, Sekolah Maitreyawira juga turut mengemban tanggungjawab dibidang pendidikan untuk masyarakat Indonesia, khususnya warga Medan melalui kegiatan seminar parenting free dengan topik “Mempersiapkan Generasi Yang Sukses & Bahagia” di Fortunate Hall, Sekolah Maitreyawira tentang pola pendidikan & mindset orangtua yang benar dalam mempersiapkan generasi yang sukses dan bahagia dalam menyongsong era Indonesia Emas 2045. Sekolah Maitreyawira juga bekerja

sama dengan IVS dan PMI dalam kegiatan donor darah Sabtu-Minggu, (10-11/3) mulai pukul 08.00-14.00 WIB sebagai bukti kepedulian sekolah dalam bidang kemanusiaan, serta misi kepedulian pada kelestarian alam dan lingkungan

melalui Go Green Corner sebagai sudut pernyataan komitmen positif terhadap bumi di lobi Sekolah Maitreyawira. Tujuan acara ini memperkenalkan kepada masyarakat Sekolah Maitreyawira merupakan sekolah yang mengutamakan

pembelajaran karakter dan moralitas menuju pendidikan manusia seutuhnya, di samping juga bertujuan untuk penggalangan dana bagi perampungan lantai 4 gedung Sekolah Maitreyawira yang belum selesai. (ril/rol)

Jurnal Asia | Ist

SEMARAK. Anak-anak terlihat penuh semangat tampil pada Fortunate Open House Sekolah Maitreyawira yang berlangsung semarak, Sabtu (10/3).


4

selasa 13 maret 2018

PENTAS PILKADA

Ketum PAN: Poros Ketiga Butuh Keajaiban

Antara | Muhammad Adimaja TEMUAN DUGAAN PELANGGARAN DANA KAMPANYE. Anggota Bawaslu Mochammad Aifuddin (tengah) bersama Rahmat Bagja (kiri) dan Tim Asistensi Bawaslu Deytri Aritonang (kanan) memberikan keterangan kepada media tentang temuan dugaan sejumlah dana kampanye yang digunakan pasangan calon kepala daerah di luar rekening dana kampanye di kantor Bawaslu, Jakarta, Senin (12/3). Berdasarkan analisis yang dilakukan Bawaslu atas Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) pasangan calon kepala daerah yang diserahkan kepada KPU, terdapat total dana sebesar Rp10.805.174.636 yang digunakan unit kampanye pilkada di tingkat kabupaten/kota, namun tidak digunakan dalam rekening dana kampanye. Sementara pada penyelenggaraan pilkada gubernur, dana kampanye yang digunakan di luar rekening dana kampanye tercatat sebanyak Rp3.984.157.334.

Peserta Pilkada tidak Boleh Terima Sumbangan Tunai Harus Tercatat dalam Rekening Khusus Jakarta | Jurnal Asia Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja mengatakan, para pasangan calon (paslon) peserta Pilkada 2018 tidak boleh menerima sumbangan uang tunai secara langsung untuk kepentingan kampanye. Sumbangan harus tercatat dalam rekening khusus dana kampanye. “Tidak boleh menerima sumbangan (uang) tunai secara langsung. Semua harus dilaporkan,” ujar Bagja kepada wartawan di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (12/3). Dia menjelaskan, yang dimaksud dilaporkan, adalah tercatat dalam rekening khusus dana kampanye. Dengan demikian, tidak boleh ada dana yang berada di luar rekening khusus. Meski begitu, Bagja tidak menampik jika

ada praktik-praktik pemberian sumbangan dana kampanye secara tunai dan tidak dicatat di rekening khusus dana kampanye. Karenanya, Bawaslu meminta masyarakat tidak ragu melaporkan kepada Panwaslu setempat jika terjadi praktik semacam itu. “Tolong segera laporkan ke kami. Sebab hal tersebut termasuk pelanggaran dan ada sanksi pidana, sebagaimana diatur dalam UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2016,” tambah Bagja. Sebelumnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra mengatakan, sumbangan dana kampanye tidak boleh diberikan dalam bentuk uang tunai secara langsung. Sumbangan dana kampanye harus tercatat dalam rekening khusus dana kampanye. “Tidak boleh secara tunai langsung, “ ujar Ilham ketika dikonirmasi wartawan, Senin.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pilkada, pada pasal 8 ayat 4 menjelaskan bahwa sumbangan dana kampanye dapat dilakukan dengan cara memindahkan dana dari nomor rekening penyumbang ke Rekening Khusus Dana Kampanye disertai identitas penyumbang. Selanjutnya, dalam pasal 8 ayat 5 menyebutkan identitas penyumbang dapat disampaikan dalam bentuk surat keterangan dari bank yang bersangkutan. Sebagaimana diketahui, laporan dana kampanye sendiri terdiri dari tiga jenis, yakni laporan awal dana kampanye (LADK), laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) dan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK). (rep/rol)

Ketua DPR Minta KPK Kaji Potensi Mudarat Pemilu Langsung Jakarta | Jurnal Asia Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengkaji baik buruknya pemilihan umum (Pemilu) langsung. Hal ini dikatakan Bambang mengingat banyaknya kepala daerah yang kini menjadi tersangka. “Untuk maju sebagai kepala daerah butuh biaya sangat tinggi dan ujungujungnya korupsi dan kita minta kepada KPK melakukan pengkajian,” kata Bambang di Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/3). Bambang mengaku dirinya sering mendapat laporan dari masyarakat terkait pemilihan kepala daerah. Dari laporan itu dia mengatakan ada banyak kekurangan dari pelaksanaan pemilihan langsung di Indonesia. “Kami diberi masukan dari masyarakat sebagian publik menilai pilkada langsung lebih banyak mudarat daripada manfaat karena semakin memperbesar korupsi di daerah-daerah,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan bakal segera menindaklanjuti permintaan DPR itu. KPK akan mengundang sejumlah ahli untuk menjabarkan urgensi dari pemilihan langsung di kondisi sekarang. “Kita akan lakukan kajian lagi dan libatkan banyak stakeholder. Nanti kita undang banyak ahli banyak pakar kita undang, untung ruginya, baik buruknya apakah pilkada langsung atau keterwakilan seperti yang lain,” kata Agus. Dalam beberapa bulan terakhir KPK aktif menggelar operasi tangkap tangan yang berhasil menjaring sejumlah kepala daerah. Mereka yang terjaring dalam OTT ada yang sedang maju mengikuti pilkada 2018. Salah satunya adalah Walikota Kendari Adriatma Dwi Putra yang berstatus calon gubernur Sulawesi Tenggara. ADP terjaring dalam OTT yang digelar pada Rabu (28/2) lalu. Dia ditangkap di Jalan Syech Yusuf, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.

Dalam OTT itu KPK mengamankan sedikitnya tujuh orang Jumlah orang yang diamankan dalam OTT KPK sebanyak tujuh orang. KPK menetapkan ADP sebagai tersangka dengan dugaan menerima suap Rp2,8 miliar dari pengusaha. Sorotan terhadap pilkada langsung juga datang dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Wakil Ketua PPATK Dian Ediana Rae pada pekan lalu mengatakan ada aliran dana mencurigakan dari para calon kepala daerah yang mengikuti ajang Pilkada 2018. “Ini terkait dengan pilkada, yang jelas. Otomatis terkait dengan pilkada, terkait dengan calon-calon itu,” kata Dian, di Kantor PPATK, Jakarta, Jumat (9/3). Transaksi mencurigakan itu berlangsung dari akhir tahun 2017 hingga kuartal kesatu (Januari-April) tahun 2018. Jumlahnya mencapai 53 transaksi perbankan dan 1.066 transaksi tunai. (cnn/rol)

Jakarta | Jurnal Asia Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkili Hasan berpendapat, poros ketiga pada pemilihan umum 2019 akan sulit terbentuk, meskipun peluang untuk membentuk poros tersebut masih terbuka. “Poros ketiga itu (butuh) keajaiban baru bisa terjadi,” ujarnya saat ditemui di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senin (12/3). Wacana pembentukan poros ketiga dimunculkan setelah berbagai lembaga survei merilis kandidat calon presiden terkuat. Berdasarkan sejumlah survei hanya ada dua nama kandidat capres yang berpotensi maju di Pilpres, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Poros ketiga diharapkan dapat memunculkan calon presiden alternatif. Tiga partai politik, Demokrat, PKB dan PAN disebut-sebut menjadi partai politik yang akan membentuk poros ketiga. Jumlah kursi ketiga partai mencukupi untuk mengajukan calon presiden. Demokrat memiliki persentase suara 10,2 persen atau kursi 10,9 persen, PAN (suara 7,7 persen/kursi 8,8 persen), dan PKB (suara 9,0 persen, kursi 8,4 persen). Zulkili membenarkan bahwa ketiga partai telah melakukan pertemuan. Namun, Zulkifli menyatakan pertemuanpertemuan itu bersifat informal dan belum membahas pembentukan Poros Ketiga. Menurut Zulkifli, PAN tidak hanya bertemu dengan Demokrat dan PKB tapi juga bertemu dengan partai lain untuk menentukan koalisi di Pilpres 2019 dengan Partai Gerindra dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kata dia, saat ini semua peluang koalisi masih terbuka, dan pertemuan-pertemuan diperlukan agar setiap partai bisa menentukan harus berkoalisi dengan siapa dalam mengusung calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres. “Saling menjajaki. Karena syaratnya itu 20 persen kan, tidak mungkin sendiri,” katanya. (cnn/rol)

Bawaslu Panggil Partai Perindo Terkait Iklan Kampanye Jakarta | Jurnal Asia Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Mochamad Afifuddin mengatakan, pihaknya melakukan pemanggilan kepada Partai Perindo pada Senin (12/3). Pemanggilan ini terkait iklan kampanye parpol tersebut yang ditayangkan sebelum masa resmi berkampanye. “Benar, kami lakukan pemanggilan pada Senin sore. Ini merupakan pemanggilan yang pertama, “ ujar Afif ketika dijumpai di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Barat Pusat, Senin sore. Dia melanjutkan, pemain pertama ini ditepati oleh pihak Partai Perindo. Aif mengungkapkan jajaran pengurus DPP Perindo hadir pada Senin sore. “Sudah hadir Sekjen Perindo, Ahmad Rofiq, beserta pengurus lainnya. Saat ini pertemuan dengan mereka sedang berlangsung, “ tutur dia. Adapun, yang menjadi agenda pemanggilan pada Senin sore yakni mengklariikasi penayangan iklan Partai Perindo di beberapa stasiun televisi jaringan MNC Group. Klariikasi ini merupakan lanjutan dari pemanggilan terhadap tiga stasiun televisi yang dilakukan Jumat (9/3) lalu. “Kami melakukan klarifikasi lebih lanjut, apakah ada permintaan penayangan dan sebagainya. Termasuk mengklarifikasi apakah Perindo juga membayar untuk pemasangan iklan itu. Namun, kami tegaskan jika persoalannya bukan membayar atau tidak membayar, tetapi kami menyoal bahwa iklan-iklan Partai Perindo ditayangkan sebelum masa kampanye,” tegas Aif. Sebelumnya, anggota Bawaslu, Rahmat Bagja mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pemanggilan kepada Partai Perindo. Pemanggilan ini terkait iklan kampanye partai tersebut yang masih ditayangkan di jaringan televisi MNC Group. “Nanti Partai Perindo segera kami panggil. Ini terkait dugaan iklan kampanye parpol, sebab iklan partai itu masih tayang di televisi, “ ujar Bagja kepada wartawan di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (7/3). Pemanggilan itu akan dilakukan melalui mekanisme surat resmi. Bagja mengungkapkan, bahwa saat ini belum ada surat resmi dari Bawaslu. (rep/rol)


SelaSa 13 Maret 2018

5

EDUKASI

50 Persen Mata Kuliah bisa Gunakan PJJ

Antara | Indrianto Eko Suwarso SNMPTN JALUR UNDANGAN. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir (tengah) berbincang dengan seorang peserta SNMPTN jalur undangan yang melakukan pendaftaran di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat pada tahun lalu.

Sediakan Kuota 2.386 Mahasiswa Baru 2018

38.647 Peserta SNMPTN Bersaing Masuk USU Medan | Jurnal Asia Sebanyak 38.647 siswa kelas 3 SMA/MA/SMK bersaing ketat untuk masuk Universitas Sumatera Utara (USU). Pasalnya untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 perguruan tinggi ini menyediakan daya tampung (kuota) hanya 2.386 bagi calon mahasiswa baru. “Penilaian untuk kelulusan itu ditetapkan panitia pusat penerimaan mahasiswa baru berdasarkan prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS,” kata Ketua SNMPTN USU Prof Rosmayati di kampus tersebut, Senin (12/3). Prof Rosmayati yang juga Wakil Rektor I ini menyebutkan, persentase tingkat kelulusan peserta di jalur SNMPTN itu sekitar 35 persen dari total 6.773 kursi yang tersedia di USU pada 2018 ini. Berdasarkan data, pendaftar pada jalur SNMPTN ini terjadi peningkatan dibanding tahun lalu sebanyak 34.527 siswa. Sehingga terjadi penambahan mencapai 4.120 orang. “Begitu juga dengan jalur bidikmisi yang pendaftar tahun ini naik 1.182 dari tahun lalu yakni 7.133 siswa menjadi 8.315 orang,” ungkapnya. Sebagaimana diketahui, pada tahun lalu jumlah siswa yang diterima pada jalur SNMPTN di USU sebanyak 2.325 dari peminat secara keseluruhan sebesar 34.527 pendaftar. Prof Rosmayati menyebutkan, untuk program studi yang paling diminati adalah Agribisnis, Farmasi, Ilmu Kesehatan Masyarakat

dan Pendidikan Dokter untuk program studi IPA serta Akuntansi, Manajemen, dan Imu Hukum untuk prodi IPS. Dijelaskannya, SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 sampai dengan semester 5 bagi SMA/ SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 atau 1 sampai dengan semester 7 bagi SMK yang masa belajarnya 4 tahun. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi akademik siswa. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa. Pendaftaran SNMPTN tahun ini dimulai sejak 21 Februari 2018 hingga 6 Maret 2018, dan pengumuman hasil seleksi SNMPTN dilakukan pada 17 April 2018. Sementara untuk jadwal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, Pendaftaran Ujian Tulis (UTBC dan UTBK) akan dilaksanakan secara online pada 5 April 2018 dan berakhir pada 27 April 2018. Pelaksanaan ujian akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 8 Mei 2018, Ujian Keterampilan pada 9 dan 11 Mei 2019 serta pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 3 Juli 2018. (swisma)

Jakarta | Jurnal Asia Kemenristekdikti terus mendorong perguruan tinggi menerapkan pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis online. Tidak tanggung-tanggung Kemenristekdikti bakal mendampingi 400 kampus untuk menyelenggarakan PJJ. Menristekdikti Mohamad Nasir menjelaskan upaya memperbanyak kampus penyelenggara PJJ merupakan bagian dari respons perkembangan industri 4.0. Dia menjelaskan di era industri 4.0 proses pembelajaran tidak perlu selalu dilakukan dengan cara tatap muka. ’’Dibolehkan mata kuliah 50 persen dilaksanakan online. Dulunya belum ada,’’ kata Nasir di Jakarta kemarin. Dia mengatakan Kemenristekdikti menunjuk Universitas Terbuka (UT) sebagai pusat pengembangan PJJ. Sehingga kampus-kampus lain nantinya diharapkan bisa bekerjasama dengan UT untuk implementasi PJJ. Selain UT, Nasir mengatakan kampus lain yang sudah lama menyelenggarakan PJJ adalah Binus, PENS Surabaya, dan Amikom Jogjakarta. Nasir mengatakan target utama pemerintah untuk memperbanyak penyelenggaraan kuliah jarak jauh berbasis online adalah untuk menambah angka partisipasi kasar (APK). Dia mengungkapkan bahwa jumlah kampus di Indonesia ada 4.529 unit. Dengan jumlah program studi (prodi) mencapai 24.892 unit. Dengan jumlah kampus yang begitu banyak, ternyata APK-nya masih 31,5 persen. Sebagai perbandingan APK di Malaysia sudah 38 persen, di Thailand 51,2 persen, di Sngapura 82,7 persen, bahkan di Korea Selatan mencapai 98,4 persen. ’’Kampus banyak tetapi APK rendah. Ini tantangan bersama,’’ tuturnya. Melalui sistem perkuliahan jarak jauh, Nasir berharap APK pendidikan tinggi bisa naik. Dia menjelaskan kampus tidak perlu khawatir menyediakan tutor khusus saat penyelenggarakan PJJ. Sebab sistem PJJ yang terbaru, menurut Nasir, tidak harus menghadirkan seorang tutor. Meskipun PJJ berbasis online bakal diperbanyak, dia mengatakan tetap menjaga kualitas. Untuk itu Kemenristekdikti akan membuat semacam cyber university yang tugasnya menjaga kualitaas (quality insurance) materi-materi yang diajarkan pada program PJJ. Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan Kemenristekdikti segera membuka pendaftaran bagi kampus yang bersedia membuka PJJ berbasis online. Nanti akan diseleksi kampus yang layak untuk menjalankannya. Diantara kriterianya adalah kesiapan infrastruktur pendukung di masing-masing kampusnya. (jpnn/swm)

Pengangguran Terbanyak Lulusan SMK Jakarta | Jurnal Asia Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Sabtu (10/3), 11 persen dari 7 juta penganggur di seluruh indonesia adalah lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Prosentase tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan dari SD, SMP, SMA umum, Diploma, bahkan sarjana. Pada Februari 2017, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) SMK masih berada di angka 9,2, lantas pada survey Agustus 2017, jumlahnya meningkat menjadi 11,41 persen. ”Jika kita lihat, hanya SD yang mengalami tingkat penurunan TPT,” kata Dirjen Binalattas Kemnaker Bambang Satrio Lelono, kemarin. Bambang menyebut, TPT tertinggi dimiliki oleh lembaga-lembaga pendidikan yang khusus mempersiapkan lulusannya bekerja. Yakni SMK, SMA dan Politeknik.

”Ini aneh kenapa lulusan SMK kok nganggur. Padahal disiapkan untuk langsung kerja. Politeknik juga untuk kerja. Artinya pendidikan kita belum siap pakai,” kata Bambang. Solusi dari permasalahan ini kata Bambang adalah membuat lulusan SMK memiliki ketrampilan lebih. “Dan salah satunya jalan dengan memberikan pelatihan,” kata Dirjen Bambang. Bambang mengungkapkan, pada 2019, Kemnaker telah merancang kegiatan-kegiatan peningkatkan kualitas SDM melalui program pemagangan dengan bekerja sama dengan industri untuk 400 ribu orang. Menurut Bambang, semua harus bersiap dan mengikuti trend perubahan yang berkembang cepat. Pemerintah siap memfasilitasi kebutuhan tenaga kerja yang berubah, akibat digitalisasi dan perkembangan teknologi melalui program pelatihan di Balai Pelatihan Kerja (BLK). Perkembangan industri yang cepat, kata

Bambang, menghendaki BLK juga memiliki skema transformasi industri kedepan dan pemetaan pasar kerja di masa depan. “Kalau industri berubah tentu dibutuhkan pekerjaan baru, pekerjaan lama akan hilang. Konsekuensinya dibutuhkan skill yang baru,” katanya. Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Kemendikbud, M. Bakrun membenarkan data BPS tersebut. Namun ia meyakinkan bahwa sampai saat ini perbaikanperbaikan terus dilakukan. “Data BPS tidak bisa langsung diubah, karena yang di survei lulusan SMK yang usianya 15 sampai 55 tahun,” katanya. Memang, Bakrun mengakui bahwa sejak awal lulusan SMK dipersiapkan utk bekerja. Namun menurutnya tidak boleh dilupakan bahwa saat ini juga terjadi banyak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). ”Kemungkinan itu penyebab nya juga, karena

yang kami survei, penganggur lulusan SMK 55%pernah bekerja,” jelas Bakrun. Sistem ketenagakerjaan yang ada saat ini, kata Bakrun belum mensyaratkan bahwa orang yang bekerja harus punya sertiikat /kompetensi tertentu. Jenis pekerjaan masih bisa diisi oleh semua yg jenis lulusan. ”Selain itu peta kebutuhan tenaga kerja juga belum terlihat dengan jelas. Maka sekarang kita mencoba mengarahkan siswa-siswa SMK untuk mengembangkan wirausaha,” pungkas Bakrun. Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan. Jumlah pengangguran keseluruhan sebanyak 7,04 juta (5,50 persen jumlah penduduk). Pada Sekolah Dasar (SD) 2,62 persen, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 5,54 persen, Sekolah Menengah Atas ( SMA) 8,29 persen, Sekolah Menegah Kejuruan 11,41 persen dan Diploma I/ II/III 6,88 persen. (jpnn/swm)


6

selasa 13 maret 2018

peristiwa

Buronan Tertangkap Saat Memeras

Jurnal Asia | Ist BerI KeTeraNGaN. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian (kiri) didampingi Wadir Krimum AKBP Andry Setiawan (tengah) dan Kanit Ranmor Kompol Anjasmara Siregar (kanan), saat memberikan keterangan terkait penangkapan empat jaringan dibawah Nova Zein.

poldasu ringkus 4 anggota Jaringan Nova Zein Dua Diantaranya Oknum Polisi Medan | Jurnal Asia Subdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut menangkap empat tersangka baru berkaitan dengan kasus penipuan dan penggelapan mobil mewah yang dilakukan Nova Zein. Dua diantara tersangka yang diamankan merupakan aparat kepolisian yang bertugas di Polda NAD dan Polres Serdang Bedagai (Sergai). Kedua oknum Polri yang diamankan tersebut yakni, AN bertugas di Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda NAD dan NU alias NO polisi yang bertugas di Polres Sergai. Dua tersangka lainnya yang turut diamankan masing-masing atas nama Jefri dan Dedi. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian mengatakan, para tersangka diamankan dari lokasi berbeda setelah tim melakukan pengembangan hingga ke Provinsi Aceh dan Riau dalam 10 hari terakhir. “AN ditangkap di Banda Aceh, Jefri di Sei Mencirim, Dedi ditangkap di Tembung dan NU diamankan dari Serdang Bedagai. Jadi AN ini perannya langsung dibawah Nova Zein, sebagai penyalur,” ujar Andi Rian dalam rilis kasus yang

digelar di Polda Sumut, Senin (12/3) siang. Dari penangkapan empat tersangka ini, kata Andi Rian, pihaknya mengamankan 7 unit mobil terdiri dari 3 unit Toyota Fortuner, 2 Toyota Innova dan 2 unit Toyota Avanza. Dikatakannya, tim masih melakukan pendalaman dan masih ada target lain yang akan diburu. Secara keseluruhan, ada 18 unit mobil yang disalurkan ke Aceh. Dalam memuluskan aksinya, para pelaku menjanjikan kepada korban bahwa mobil yang mereka jual itu aman. STNK dan BPKB menyusul dan akan diberikan setelah diurus oleh Nova Zein. Untuk satu unit Toyota Fortuner, para pelaku melepas kepada pembeli dengan harga Rp190 juta. “Jadi sampai hari ini ada 8 LP yang masuk ke Polda, dimana 2 LP terkait penipuan uang yang dilakukan Nova Zein. Secara keseluruhan ada sudah 11 kendaraan yang kami amankan, 65 masih beredar di jalanan dari total 76 unit,” kata Andi Rian. Andi Rian menyebutkan, pihaknya berencana menyelidiki kasus ini dan akan masuk ke Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPO). Hal ini

dilakukan untuk mengetahui kemana saja aliran uang hasil kejahatan tersebut. “Kepada masyarakat yang pernah berhubungan dengan para tersangka kami minta untuk komunikasi dengan Polda Sumut. Jadi bisa didatakan, bagaimana untuk proses penyelesaiannya,” pungkas Andi Rian. Kasus ini sendiri berhasil diungkap Polda Sumut pada awal Februari kemarin. Dalam pengungkapan awal, polisi mengamankan pelaku utama Nova Zein dan tiga rekannya masing-masing T Usman Gumanti alias Usman, Khairul Bariah alias Cece serta Hotma Tua Pulungan. Penggelapan ini bermula ketika korban atas nama Anda Subrata membuat laporan pada 6 Juli 2017 dengan LP/105/2018/ SPKT H, dan pada 26 Januari 2018, Billy Panca Brata dan 18 orang korban lainnya membuat laporan dengan LP/148/Il/2018/ SPKT II tanggal 4 Februari 2018. Kedua terlapor membuat ikatan perjanjian pinjam pakai mobil merek Mitsubishi Pajero warna putih mutiara BK 1505 EL atas nama Rafyuda Al Yazid selama 5 tahun. (ial/hut)

Pelaku Kekerasan Terhadap Anak SD Diciduk Medan | Jurnal Asia Satuan Reskrim Polres Nias Selatan (Nisel), mengamankan pelaku kekerasan isik terhadap murid SD berinisial WL (14), warga Desa Hilizomboi, Kecamatan Lahusa, yang terjadi, Rabu (28/2) kemarin. Kasus ini tertuang dalam LP/39/III/2018/ SPK-C/RES-NISEL tanggal 04 Maret 2018. Dimana pelapor atas nama Nurutia Tafonao. Pelaku yang diamankan yakni Fondraradodo Laia alias Ama Gidion (33), seorang petani yang bermukim di Dusun Limbu, Desa Hilizomboi, Kecamatan Lahusa, Kabupaten Nisel. Kapolres Nisel, AKBP Faisal Florentinus Napitupulu, melalui pesan Whats App, Senin (12/3) mengatakan, pada saat kejadian, korban waktu itu sedang pergi ke sekolah. Saat di tengah jalan, korban bertemu dengan terlapor. “Kemudian terlapor bertanya kepada korban dan saksi kenapa kalian tebang pohon pisang itu Lalu jawab korban , itukan kebun kami, apa urusan kamu,” ujar Faisal. Lalu, kata Faisal, terlapor marah dan memukul korban di kepala sebanyak 2 kali dan di bagian ulu hati, serta mencekik leher korban. Akibat kejadian tersebut, korban tidak sadarkan

diri dan langsung muntah darah. Hingga saat ini korban masih di Opname di RS Gunung Sitoli. “Setelah dilakukan penyelidikan intensif dan memenuhi unsur pidana yang dipersangkakan, pada 8 Maret, Kasat Reskrim pimpin personil melakukan pengejaran terhadap pelaku yang hendak melarikan diri. Pelaku berhasil ditangkap di Kecamatan Lahusa,” tegas Faisal.

Mantan Kasubdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut tersebut menuturkan, saat ini pelaku sudah ditahan di Polres Nias Selatan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya di hadapan hukum. “Pelaku dijerat pasal 80 ayat 1 UU RI No. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak,” pungkas Faisal. (ial/hut)

Jurnal Asia | Ist Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal Florentinus Napitupulu (tiga kiri) saat mengintrogasi pelaku kekerasan terhadap anak dalam rilis kasus yang digelar.

Medan | Jurnal Asia Petugas Unit Reskrim Polsek Sunggal membekuk seorang pelaku pemerasan terhadap pegawai PTPN II di Jalan Dusun XIV Emplasmen Desa Sei Semayang. Usai diamankan, diketahui tersangka Erwinsyah Harahap (37) penduduk Jl Binjai 12,5 Desa Mulio Rejo Kecamatan Sunggal, merupakan DPO (Daftar Pencarian Orang) kasus pencurian di gudang pinang. Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna kepada wartawan, Senin (12/3) menjelaskan, awalnya polisi menerima laporan dari masyarakat yang resah dengan adanya pelaku pemerasan di Jalan Dusun XIV Emplasmen, Desa Sei Semayang. “Selanjutnya, personel Opnas Reskrim Polsek Sunggal yang menerima informasi ini turun ke lokasi kejadian,” ujarnya. Sesampainya disana, polisi langsung memboyong tersangka yang nyaris diamuk massa yang resah dengan ulahnya. “Dari pemeriksaan, tersangka memeras korban T Yanuardi, Karyawan PTPN II, dengan modus meminta uang keamanan pemuda setempat,” jelas Wira. Dalam penangkapan itu, pihaknya mengamankan barang bukti uang tunai Rp20 ribu, 1 lembar kwitansi, dan 1 lembar stempel. “Ia dijerat dengan Pasal 368 Kuhpidana dengan ancaman hukuman 9 tahun kurungan penjara,” terangnya. Mantan Wakasat Narkoba Polresta Medan ini mengatakan dari pemeriksaan sementara diketahui kalau tersangka juga DPO pencurian di gudang pinang. “Tersangka terlibat kasus Pencurian Gudang Pinang pada tgl 26 November 2016 bersama 2 orang temannya. Satu orang sudah tertangkap dan sudah dikirim ke jaksa,” pungkasnya. (bowo/hut)

Dua Pencuri Mobil Pick-up Didor Medan | Jurnal Asia Petugas Sat Reskrim Polrestabes Medan menghadiahi timah panas terhadap 2 orang pelaku pencurian spesialis mobil pick-up yang beraksi di Jalan Turi Gang Bengkok Kecamatan Medan Kota. Informasi dihimpun wartawan, Senin (12/3), kedua tersangka yang roboh diterjang peluru yakni Andika Syahputra (33) warga Jalan Tanjung Bunga Kelurahan Sudirejo II, Kecamatan Medan Kota, dan Ade Silalahi alias Ade (26) warga Jalan Kemiri I Gg Serasi Kelurahan Sudirejo II, Kecamatan Medan Kota. Keduanya mengalami luka tembak dibagian kaki. Bahkan tersangka Andika hingga kemarin, masih dirawat intensif di Rumah Sakit Bhayangkara Jalan KH Wahid Hasyim Medan. Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yudha Prawira didampingi Wakasat Reskrim Kompol Ronni Bonic menjelaskan, pengungkapan kasus tindak pidana bermula, Sabtu (10/3) lalu, pihaknya menerima laporan kasus pencurian 1 unit mobil pick-up Daihatsu Grand Max BK 9072 CG yang dialami korban Fazid Hardiansyah Hasibuan (35). ”Setelah menerima laporan ini, personel Unit Ranmor Sat Reskrim Polrestabes Medan melakukan penyelidikan dan mengidentiikasi pelakunya,” ujar Putu kepada wartawan, Senin sore. Polisi yang mengetahui identitas keduanya, lanjutnya menjelaskan, tak sampai 1x24 jam, kemudian mendapati informasi adanya transaksi jual-beli mobil pick up di kawasan Medan Kota. Sejurus kemudian, polisi meluncur ke lokasi transaksi jual-beli itu. “Saat tim tim melakukan pangkapan dimana para pelaku melakukan perlawanan untuk melarikan diri pada saat ditangkap. Selanjutnya anggota team melakukan tembakan ke udara sebanyak 3 kali, namun tidak diindahkan oleh para pelaku,” jelas Putu. Kasat Reskrim melanjutkan lantaran tersangka tidak menggubris, personel lalu mengambil tindakan tegas untuk meluimpuhkan keduanya. Dorr! Timah panas menembus kaki kiri kedua tersangka. Keduanya pun terkapar bersimbah darah. Usai diamankan keduanya lalu dibawa ke RS Bhayangkara untuk menjalani perawatan medis atas luka tembak yang dialami kedua tersangka. “Kedua tersangka mengakui perbuatannya, mereka beraksi menggunakan kunci T dengan merusak pintu mobil,” pungkasnya. (bowo/hut)


SElaSa 13 MarEt 2018

7

NASIONAL

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Dipolisikan Soal Berita Hoaks MCA

Antara| Akbar Nugroho Gumay SIDANG LANJUTAN SETYA NOVANTO. Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (12/3). Sidang mantan ketua DPR itu beragenda mendengarkan keterangan saksi dan saksi ahli yang dihadirkan jaksa penuntut umum.

Transaksi Lewat Money Changer

Setnov Terindikasi TPPU Jakarta | Jurnal Asia Mantan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Husein menyebut terdakwa korupsi proyek e-KTP Setya Novanto terindikasi melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Dugaan ini muncul dari sejumlah transaksi luar negeri yang diduga ditujukan untuk Setnov. Hal ini diungkapkan Yunus saat memberikan keterangan sebagai ahli dalam sidang korupsi proyek e-KTP bagi terdakwa Setnov di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (12/3). “Kalau ada transaksi dengan modus menyembunyikan asal usul transaksi bisa dianggap layering (memindahkan uang secara beberapa kali untuk menyamarkan

transaksi),” kata Yunus. Tahapan pencucian uang, terdiri dari placement atau penempatan uang, layering, dan integration atau diputar kembali untuk investasi. Sementara itu transaksi yang diduga digunakan Setnov adalah dengan skema barter dollar melalui sesama money changer yang berasal dari PT Biomorf di negara Mauritus milik pengusaha Johannes Marliem. Uang itu kemudian diberikan melalui keponakan Setnov, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, dalam bentuk tunai. Yunus menyebut kepulauan Mauritius yang terletak di kawasan barat daya Samudera Hindia itu memang termasuk negara yang berisiko menjadi tempat pencucian uang. “Mauritius memang termasuk high risk

country dalam pencucian uang,” katanya. Lebih lanjut Yunus mengatakan, transaksi tak langsung atau melalui money changer semacam ini biasanya sengaja dilakukan untuk menghindari laporan transaksi. Selain itu, sumber uang yang dikirim umumnya berasal dari tindak pidana. “Transaksi tanpa transfer langsung biasanya juga karena jumlah uang tidak sesuai profil penerima,” katanya. Dalam surat dakwaan, Setnov disebut menyamarkan uang terkait proyek e-KTP ke beberapa rekening dan money changer. Uang itu diambil oleh Irvanto yang juga menjadi tersangka dalam perkara ini. Ia disebut menjadi perantara penerima uang Setnov sebesar US$3,5 juta dalam kurun waktu Januari-Februari 2012. (cnn/put)

Jakarta | Jurnal Asia Fadli Zon dan Fahri Hamzah dilaporkan ke polisi atas tuduhan menyebarkan berita hoaks terkait pemberitaan Muslim Cyber Army yang dimuat JawaPos.com. Laporan tersebut dilakukan oleh Muhammad Rizki, yang merupakan saudara dari Husin Shihab yang sebelumnya dilaporkan oleh Fadli Zon ke Bareskrim Mabes Polri terkait hoaks. Kuasa hukum pelapor Muhammad Zakir Rasyidin menjelaskan bahwa dasar laporan itu bermula dari pemberitaan pemilik akun MCA yang diduga berasal dari Ahoker atau pendukung Basuki Tjahaja Purnama. Kemudian JawaPos.com mengklarifikasi dan mencabut pemberitaan tersebut serta menyampaikan permintaan maaf atas pemberitaan tersebut. “Yang kami laporkan ada postingan Pak FH (Fahri Hamzah) di Twitter yang sampai hari ini tidak dihapus. Padahal sudah dihapus dari media pemilik berita dan sudah meminta maaf tetapi tetap saja pemilik akun FH tetap mempertahankan dan membenarkan berita itu, padahal faktanya berita itu hoax. Posisinya juga sama FZ (Fadli Zon) kami laporkan karena me-retweet,” kata Zakir di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Metro Jaya, Senin (12/3). Dalam akun twitter @Fahrihamzah tertulis “Dari web resmi @jawapos menemukan bahwa ketua MCA adalah Ahoker. Jadi maling teriak maling dan ngaku Muslim segala. Ayok @DivHumas_Polri selesaikan barang ini. Jangan mau merusak nama Polri dengan menyerang identitas agama.” Sementara akun @fadlizon menulis “Kesalahan rezim ini tak mengerti sejarah termasuk peran umat Islam yang sering disudutkan. Terakhir ini soal labeling “MCA” MUSLIM Cyber Army.” Menurut Zakir kedua akun tersebut seharusnya juga memberikan klarifikasi usai JawaPos.com menyatakan permintaan maaf soal pemberitaan tersebut. “Kami juga minta itu kenapa masih dipertahankan postingan itu tapi karena tidak ada klariikasi makanya kami laporkan itu. Karena kita tahu berita itu hoaks, dasarnya sudah ada permintaan maaf dari media yang bersangkutan dan ada klariikasi tertulis melalui media yang bersangkutan. Jadi saya pikir ketika berita itu dipertahankan berarti orang itu menyebarkan hoaks, makanya kami laporkan,” tuturnya. (cnn/put)

Tantang Jokowi

Presidium Alumni 212 Gelar Konvensi Capres Jakarta | Jurnal Asia Presidium Alumni 212 berencana menghelat Konvensi Bakal Calon Presiden (Bacapres) Pilihan Umat untuk melahirkan nama baru sebagai calon presiden di Pilpres 2019. Konvensi digelar karena saat ini hanya mengemuka satu calon untuk jadi capres yakni Joko Widodo. Presidium Alumni 212 membentuk Komite Independen Konvensi Bakal Calon Presiden Pilihan Umat tersebut. “Kami mengadakan konvensi ini tentu karena sinyalemen yang tidak baik bahwa seolah-olah hanya ada calon tunggal pada pilpres 2019, yaitu Jokowi,” kata Steering Comitee Komite Independen Konvensi Bakal Calon Presiden Pilihan Umat, Aminuddin saat konferensi pers di kawasan Tebet, Jakarta, Senin (12/3). “Ini sama juga dengan pembunuhan demokrasi secara terencana,” katanya. Aminuddin mengatakan bakal capres yang dihasilkan dari komite konvensi nanti bakal disodorkan

kepada partai politik (parpol). Dia mengklaim telah menjalin komunikasi dengan sejumlah elit parpol sebelum menggelar konvensi bacapres pilihan umat.Namun demikian, Aminuddin belum mau membocorkan parpol yang akan mereka percayakan untuk memilih nama dari hasil konvensi nanti. “Kami belum bisa sebut siapa parpolnya. Nanti di waktu yang tepat,” ujar Aminuddin. Syarat dan Tahapan Seleksi Ketua Komite Independen Konvensi Bakal Calon Presiden Pilihan Umat, Yudi Syamhudi Sayuti mengatakan pendaftaran bacapres akan dibuka mulai besok, Selasa (13/3) di Sekretariat nasional yang berlokasi di Jalan Tebet Timur Dalam Nomor 133, Tebet, Jakarta Selatan. Di samping menunggu pendaftar, Yudi mengatakan pihaknya juga bakal melakukan upaya menjemput bola. Misi yang ditempuh yakni dengan berkeliling ke tujuh daerah. Sejauh ini, kata Yudi, pihaknya berencana berkeliling di Jakarta, lalu ke

Medan, Surabaya, Makassar, Bandung. yudi mengatakan Dua kota lainnya masih belum ditentukan. Begitu pula perihal jadwal kunjungan ke sejumlah kota untuk menjaring kandidat pilihan umat. Selain itu, Yudi mengatakan pihaknya juga bertekad mengunjungi sejumlah masjid, pesantren dan Univeristas Islam, baik negeri atau swasta. Hal itu akan dilakukan untuk menampung masukan perihal bacapres yang sesuai dengan kebutuhan umat. Akan tetapi, Yudi belum mau merinci lebih jauh. “Masjid mana dan pesantren mana itu nanti akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya. Universitas Islam juga begitu,” ucap Yudi. Pihak yang ingin mendaftar sebagai bacapres pilihan umat, kata dia, mesti memenuhi sejumlah syarat. Mereka yang mendaftar boleh dari kalangan ketua umum partai politik atau tokoh politik yang tidak mendukung calon Presiden Jokowi.

Kemudian, tokoh agama atau tokoh sentral organisasi keagamaan berskala nasional. Lalu, tokoh nasional atau cendekiawan baik dari kalangan sipil mau pun purnawirawan yang memiliki wawasan kebangsaan, intelektualitas serta karakter pemimpin. Nantinya komite konvensi akan menetapkan 40 bacapres yang dinilai memenuhi syarat pada 20 Mei mendatang. Mereka yang lolos wajib menempuh tahap selanjutnya. “Tahap pertama diwajibkan untuk menyampaikan visi misinya secara terbuka melalui video streaming dengan durasi maksimal 15 menit yan selanjutnya disosialisasikan melalui media digital,” tutur Yudi. Lebih lanjut, Yudi mengatakan komite yang dipimpinnya akan bekerja sama dengan lembaga survei terkait elektabilitas 40 bacapres. Responden yang akan dilibatkan bakal mencapai ratusan ribu orang dari berbagai daerah. Hasil survei tersebut, kata Yudi, akan menetapkan 10 besar bacapres yang

dapat melanjutkan tahap berikutnya. Mereka yang lolos adalah 10 orang dengan dengan elektabilitas tertinggi. Yudi menambahkan rangkaian selanjutnya akan diisi dengan uji kompetensi. Sepuluh bacapres yang lolos akan diuji langsung di hadapan publik untuk menyampaikan program kerja strategisnya. “Yang berkaitan dengan permasalahan dan solusi mendasar bangsa dan negara Indonesia ditinjau dari aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional,” ujar Yudi. Tahap terakhir yakni inalisasi. Dalam tahap tersebut, komite konvensi akan melakukan semacam polling terakhir untuk mendapatkan enam bacapres terbaik. “Untuk selanjutnya direkomendasikan untuk diusung oleh partai politik yang menginginkan adanya pasangan presiden baru tahun 2019,” demikian Yudi. (cnn/put)


8

selasa 13 maret 2018

INTERNASIONAL

Rusia Uji Rudal Hipersonik Kinzh

Media Tiongkok Bela Keputusan Pemerintah Beijing | Jurnal Asia Diloloskannya amandemen Konstitusi Tiongkok, yang salah satunya mengatur penghapusan batas masa jabatan presiden, menuai banyak kritik. Media-media nasional Tiongkok merilis editorial untuk membela habishabisan keputusan pemerintah itu. Keputusan untuk menghapus batas masa jabatan presiden ditentukan dalam voting untuk amandemen konstitusi di Kongres Tiongkok pada Minggu (11/3) waktu setempat. Voting diikuti oleh nyaris tiga ribu anggota delegasi Kongres Tiongkok dari seluruh wilayah. Sebanyak 2.958 suara mendukung amandemen Konstitusi Tiongkok. Hanya dua suara yang menentang dan tiga suara abstain serta satu suara tidak sah. Dengan amandemen ini, maka Presiden Xi Jinping bisa menjabat untuk waktu tak terbatas dan memicu tudingan dia akan menjabat seumur hidup. Kritikan pun banyak bermunculan. Banyak komentar di media sosial Tiongkok yang menyerang keputusan itu, mulai dari menyamakan Tiongkok dengan Korea Utara (Korut) yang memiliki sistem dinasti

hingga menyebut kultus era Mao Zedong akan kembali muncul. Seperti dilansir Reuters, Senin (12/3), dua surat kabar ternama Tiongkok, Global Times dan China Daily langsung merilis editorial untuk menangkis berbagai kritikan itu. Dalam editorialnya, Global Times yang banyak dibaca di Tiongkok menyebut teori-teori politik Barat tidak berguna untuk Tiongkok. “Kita semakin percaya diri bahwa kunci menuju jalur Tiongkok ada pada menjaga kepemimpinan Partai (Komunis) tetap kuat dan secara tegas mengizinkan kepemimpinan Komisi Pusat Partai dengan Kamerad Xi (Jinpiing) berada di pusatnya,” demikian bunyi editorial Global Times. “Dalam beberapa tahun ini, kita telah melihat naik dan turunnya berbagai negara dan khususnya, kenyataan tak menyenangkan bahwa sistem politik Barat tidak berlaku untuk negara-negara berkembang dan memicu hasil yang mengerikan,” imbuh editorial itu. Sedangkan China Daily menekankan poinpoin yang disampaikan People’s Daily, corong Partai Komunis Tiongkok, bahwa amandemen

itu tidak mengindikasikan masa jabatan seumur hidup untuk setiap pemimpin di Tiongkok nantinya. “Tapi sejumlah orang di Barat bersikeras sebaliknya, meskipun ini hanyalah spekulasi yang menunjukkan seolah-olah mereka tahu lebih baik,” tulis China Daily dalam editorial surat kabar berbahasa Inggris itu. Menurut China Daily, orang-orang -- tanpa menyebut nama -- yang berspekulasi itu memiliki ideologi mengakar yang cenderung melawan Tiongkok dan pernah salah memprediksi soal sesuatu tentang Tiongkok. “Penilaian mereka yang keliru hanyalah kumpulan itnah dangkal terhadap partai dan negara ini,” imbuh editorial itu. Sejumlah akun media sosial media-media besar Tiongkok mematikan bagian komentar mereka atau hanya menampilkan komentar yang berisi pujian. Namun beberapa komentar bernada kritikan mampu lolos dari sensor yang diberlakukan. “Bagaimana bisa sosialisme yang dipuji telah menjadi monarki yang menentukan hukum?” kritik salah satu pengguna Weibo. (dc-cnn-adp)

Pasukan Suriah Kembali Gempur Ghouta Timur Damaskus | Jurnal Asia Militer Suriah melanjutkan serangan terhadap Ghouta Timur setelah konvoi bantuan menyerahkan bantuan pangan bagi warga sipil yang kelaparan. Walaupun pengeboman gencar berlangsung, konvoi bantuan memberikan bantuan pangan bagi warga sipil yang terkurung di kawasan Ghouta Timur. Hampir 950 warga sipil tewas sejak pemerintah Suriah yang disokong Rusia mulai melancarkan serangan besar-besaran atas kawasan terakhir yang dikuasai oposisi di dekat ibukota Damaskus, 18 Februari lalu. Syrian Observatory for Human Rights melaporkan bahwa pasukan rezim Bashar al-Assad menggempur tiga kantong pemberontak pada Minggu (11/3) hingga menewaskan 23 warga sipil, setelah merebut setengah daerah kekuasaan di Ghouta selama tiga pekan belakangan. Kepala Observatory, Rami Abdel Rahman, mengatakan kepada bahwa setelah bertempur sepanjang pagi, militer Suriah merebut Kota Medeira yang terletak di jantung ketiga zona tersebut. Menjelang siang, pasukan Suriah mulai fokus menyerang Harasta, membombardir dengan 18

serangan udara menggunakan berbagai senjata, termasuk bom barel. Kantor berita pemerintah Suriah, SANA, melaporkan bahwa tentara fokus menggempur kota tersebut untuk memotong jalur akses pemberontak di Ghouta. Korban tewas dalam serangan pada Minggu ini menambah panjang daftar warga sipil yang kehilangan nyawa akibat gempuran di Ghouta timur menjadi setidaknya 1.139 orang, termasuk 240 anak-anak. Dari 23 korban tersebut, beberapa di antaranya masih terimpit di puing rumah di Kota Hammuriyeh, Saqba, dan Misraba. Di Hammuriyeh, koresponden AFP melihat seorang pemuda meratap di atas puing bangunan, tak berdaya karena ayah, ibu, dan tiga saudaranya tewas akibat serangan udara, tapi tim penyelamat tak dapat mengangkat mereka dari reruntuhan. Seorang anggota tim penyelamat, Hassan, mengatakan bahwa hingga saat ini masih ada sekitar 20 keluarga di dalam puing bangunan. “Kami perlu alat berat untuk menarik mereka, tapi kami tak bisa membawa mesin itu ke jalan karena pasukan rezim mungkin akan mengebomnya,” ucap Hassan. Sekitar 40.000 penduduk Ghouta Timur hidup

dalam kepungan tentara pemerintah sejak 2013. Kawasan itu separuhnya sudah dikuasai militer Suriah setelah pertempuran sekitar tiga pekan, sementara separuhnya masih di tangan sejumlah kelompok bersenjata. Selain kelompok Islamis seperti Jaish al-Islam, jihadis dari Hayat Tahrir alSham (HTS), yang sebagian besar terkait AlQaeda, juga berada di sana. Sementara itu, televisi pemerintah menyiarkan gambar sebuah bus yang mengangkut 13 pejuang dan keluarga mereka keluar dari kawasan yang dikepung, melewati pos pemeriksaan Al-Waideen. Tidak dinyatakan dari kelompok mana para pejuang tersebut. Beberapa tampak masih muda, sedangkan sebagian lainnya menutupi kepala dan wajah mereka agar tidak dikenali. Operasi terbatas itu dilaksanakan setelah Jaish al-Islam menyatakan, pejuang HTS akan dievakuasi ke provinsi Idlib di utara Suriah, lewat kesepakatan yang dicapai setelah konsultasi dengan PBB dan pihak-pihak yang mewakili negara lain. Warga sipil terus memikul konsekuensi dari kekerasan yang berlangsung. Jumat (9/3) sedikitnya enam orang tewas di kawasan Jisreen. Demikian laporan Syrian Observatory for Human Rights. (dc-cnn-adp)

Moskow | Jurnal Asia Rusia mengatakan telah sukses meluncurkan sebuah rudal hipersonik, salah satu jajaran senjata yang memiliki kemampuan- nuklir yang disampaikan Presiden Vladimir Putin pada awal bulan ini. Kementerian Pertahanan Rusia merilis cuplikan video yang menunjukkan uji coba rudal yang dilepaskan dari sebuah jet tempur dan meninggalkan jalur berapi di belakangnya. Rusia menyebutkan rudal itu mengenai target sasaran. Pada 1 Maret lalu, Putin menggambarkan rudal Kinzhal - yang namanya diambil dari tipe pisau belati - sebagai sebuah senjata yang ideal. Dia mengatakan bahwa senjata tersebut merupakan bagian dari persediaan senjata yang tak terkalahkan. Kinzhal disebutkan memiliki kemampuan 10 kali kecepatan suara dengan jangkauan 2.000 kilometer. Kementerian pertahanan mengatakan rudal itu diluncurkan dari sebuah jet MiG-31 yang terbang dari sebuah lapangan udara di barat daya Rusia pada Sabtu lalu. “Peluncuran tersebut berjalan sesuai dengan rencana, rudal hipersonik mengenai targetnya,” jelas kementerian. Putin secara luas diharapkan akan kembali terpilih menjadi presiden Rusia pada pemilu dalam waktu dekat. Sebagai bagian dari pidato tahunannya pada 1 Maret lalu, dia memutar sebuah video grais yang menampilkan hujan rudal di negara bagian AS Florida. Kementerian luar negeri AS mengatakan ini bukan merupakan perilaku dari pelaku internasional yang bertanggung jawab. (dc-adp)

Warga Catalonia Kembali Tuntut Pemerintahan Baru Barcelona | Jurnal Asia Puluhan ribu orang turun ke ruas-ruas jalan di Barcelona pada Minggu (11/3) waktu setempat, untuk menuntut pembentukan pemerintahan baru Catalonia setelah kisruh deklarasi kemerdekaan sepihak dari Spanyol akhir tahun lalu. Kepolisian setempat melaporkan bahwa sekitar 45 ribu orang tersebut turun ke jalan di bawah naungan kelompok gerakan warga pro-kemerdekaan bernama ANC. “Ada lebih dari dua juta warga Catalonia ingin segera maju, jelas, menuju Republik Catalan,” ujar wakil presiden ANC, Alcoberro, sebagaimana dikutip AFP. Sejak deklarasi kemerdekaan sepihak oleh pemimpin separatis, Charles Puigdemont, pemerintah pusat langsung mencabut hak otonomi Catalonia dan menghentikan parlemen daerah itu pada Oktober lalu. Madrid kemudian menggelar pemilihan umum untuk membentuk parlemen baru. Dalam pemilu pada 21 Desember itu, partai separatis Catalonia mendapatkan suara mayoritas dengan 135 kursi di parlemen. Pembicaraan mengenai penunjukkan calon pemimpin baru daerah Catalonia yang seharusnya digelar pada Senin (12/3) terpaksa ditunda karena kandidat tunggal, yaitu mantan presiden ANC, Jordi Sanchez, dibui atas tuduhan pembangkangan. (cnn-adp)

Jurnal Asia | int PuluhAn ribu orang turun ke jalan di Barcelona menuntut pembentukan pemerintahan baru Catalonia setelah kisruh deklarasi pemisahan diri dari Spanyol tahun lalu.


SelaSa 13 Maret 2018

9

BISNIS

Pemerintah Bahas RPP Gaji 2018

Jadwal Penerbangan Penerbangan Jadwal Bandara Kualanamu Selasa, Kamis, 18 13 Februari Maret 2018 2016

Garuda Indonesia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta GA 181 Jakarta GA 183 Jakarta GA 197 Jakarta GA 185 Jakarta GA 187 Jakarta GA 189 Jakarta GA 121 Jakarta GA 191 Jakarta GA 193 Jakarta GA 195 Banda Aceh GA 280 Surabaya GA 288 Palembang GA 266 Denpasar (via Palembang) Batam GA 270 Lampung (via Batam) GA 270 Lhokseumawe GA 7124 Sibolga GA 263 Sabang GA 7112 Gunung Sitoli GA 7116 Silangit GA 7136 Singapura GA 850

05.20 09.00 10.10 11.15 12.20 14.05 16.05 17.00 18.35 20.35 16.10 06.00 06.30 GA 266 09.20 09.20 09.55 07.30 08.50 07.00 13.20 13.30

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Banda Aceh Surabaya Palembang 06.30 Batam

GA 180 GA 194 GA 182 GA 184 GA 186 GA118 GA 188 GA 190 GA 192 GA 196 GA 281 GA 289 GA 267

08.00 09.10 10.15 11.20 13.05 15.10 16.00 17.30 19.35 22.10 18.55 19.40 16.30

JAM

GA 271

17.05

Lhokseumawe Sibolga Sabang Gunung Sitoli Silangit Singapura

GA 7125 GA 262 GA 7113 GA 7117 GA 7137 GA 851

12.15 15.20 12.10 08.20 15.20 11.45

Batik Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

09.15 12.45 18.45 05.00 11.00 18.00

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

ID 7015 ID 7013 ID 7021 ID 6884 ID 6886 ID 6890

ID 7014 ID 7012 ID 7016 ID 6881 ID 6885 ID 6891

JAM 18.00 19.35 22.25 10.20 11.50 17.20

AirAsia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

11.10 13.25 18.50 18.30 12.25 15.35 09.10 17.25 20.25 15.50 07.05 06.00

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

QZ 107 QZ 103 QZ 105 AK 299 QZ 123 QZ 125 AK 391 AK 393 AK 395 QZ 155 QZ 8041 QZ 8075

QZ 106 QZ 102 QZ 104 AK 298 QZ 122 QZ 124 AK 390 AK 392 AK 394 QZ 154 QZ 8040 QZ 8074

JAM 13.00 15.25 20.50 18.05 14.50 18.20 08.35 16.55 20.00 20.10 10.35 11.55

Wings Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

06.20 08.10 08.15 09.00 11.30 14.00 10.45 13.20 10.00 07.50 13.30 -

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

IW 1263 IW 1265 IW 1269 IW 1249 IW 1267 IW 1261 IW 1253 IW 1241 IW 1251 IW 1259 IW 1257 IW 1255

07.35 08.35 10.20 11.05 13.35 16.05 12.55 15.35 12.25 09.55 12.15 15.15

IW 1268 IW 1264 IW 1266 IW 1248 IW 1262 IW 1260 IW 1252 IW 1240 IW 1250 IW 1258 IW 1256 IW 1254

Pensiunan PNS Bisa Dapat THR Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Anggaran menyebut pihaknya segera membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai gaji tahun 2018, di mana fokusnya untuk pensiunan Pegawai Negeri Sipil ( PNS). Melalui RPP tersebut, nantinya pensiunan PNS bisa dapat Tunjangan Hari Raya (THR) untuk tahun ini selain menerima uang pensiun ke-13. “Itu sudah diamanatkan di Undang-Undang APBN 2018, yang PP (Peraturan Pemerintah)-nya harus kami siapkan sekarang sama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani saat ditemui di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Pusat, Senin (12/3). Askolani menjelaskan, pada tahun 2017 para pensiunan PNS hanya menerima uang pensiun ke-13 mereka yang diberikan menjelang Lebaran, tanpa menerima THR. Untuk tahun ini, pensiunan PNS akan memiliki hak yang sama dengan PNS aktif, di mana mereka akan dapat THR juga dengan uang pensiun ke-13 atau gaji ke-13 bagi PNS. Dia menargetkan, pembahasan RPP ini rampung sebelum Lebaran tahun 2018, khusus untuk THR. Sedangkan aturan mengenai gaji atau uang pensiun

ke-13 ditargetkan selesai sebelum musim libur sekolah usai. Melalui penjelasan ini, Askolani sekaligus mengklarifikasi tentang informasi yang beredar soal kenaikan gaji PNS yang menyertakan gaji Presiden hingga Rp500 juta lebih. Dia sudah berkoordinasi dengan Deputi Menpan RB dan memastikan bahwa hal tersebut tidak tepat, terlebih data yang tersebar luas sudah tidak berlaku karena dikeluarkan beberapa tahun yang lalu. “Saya sudah klariikasi sama Deputi Menpan, jadi belum ada itu. Bahkan, itu bahan dua tahun lalu yang sebenarnya sudah tidak valid lagi. Pemerintah sekarang fokus menyiapkan RPP mengenai kebijakan penggajian tahun 2018,” tutur Askolani. Tunjangan Kemahalan Pemerintah akan mengubah skema perhitungan gaji dan tunjangan untuk para aparatur sipil negara (ASN) alias PNS. Perubahan ini akan dimasukkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) tentang Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Penetapan Penghasilan PNS. Sebelumnya, besaran tunjangan kinerja ditentukan sendiri oleh instansi atau lembaga. Itulah sebabnya PNS di Kejaksaan Agung dan Kementerian

Keuangan (Kemenkeu) dengan golongan pangkat IV.e dan gaji pokok Rp 5.620,300 bisa menerima tunjangan berbeda. Seorang PNS Kejaksaan Agung bisa menerima Rp 25,74 juta, sedangkan PNS yang di Kemenkeu bisa mendapatkan tunjangan kinerja sampai Rp 46,95 juta. Sementara dengan aturan baru seperti dilansir Kontan, Senin (12/3), besaran tunjangan kinerja di kementerian dan lembaga maupun pemerintah daerah akan dipukul rata sebesar 5 persen dari gaji. Adapun untuk gaji, bila selama ini diberikan sesuai pangkat dan golongan, ke depan akan dibedakan berdasarkan pada beban kerja, tanggung jawab, risiko pekerjaan, serta pencapaian target. Pemerintah juga akan menggunakan indeks kemahalan dalam perhitungan gaji PNS. PNS akan diberikan tunjangan kemahalan yang dibuat berdasarkan wilayah kemahalan setiap daerah. Dengan perubahan skema penggajian tersebut, menurut simulasi pemerintah, belanja pegawai baik di pemerintah pusat maupun daerah yang saat ini besarannya di atas Rp 600 triliun bisa ditekan Rp 80,8 triliun. Dengan demikian, belanja rutin berupa gaji PNS menjadi hanya sekitar Rp 538,144 triliun. (kc/swm)

Pemerintah dan Singapura Dorong Sektor e-Commerce Jakarta | Jurnal Asia Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Singapura untuk saling bertukar wawasan terkait sektor perdagangan elektronik (e-commerce) dan logistik di antara kedua negara. Kerja sama dilakukan Kementerian Koordinator Perekonomian dan Singapore Cooperation Enterprise (SCE) yang berada di bawah Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura. SCE merupakan lembaga yang bertujuan untuk membantu pengembangan perdagangan dan industri di negara lain. Kerja sama antara kedua pihak itu memperoleh pendanaan senilai US$680 ribu dari Temasek Foundation. Nantinya pelaku usaha e-commerce dan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor logistik akan memperoleh pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Plt Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian Elen Setiadi mengatakan program yang disebut capacity building

ini rencananya akan dilakukan dua tahun ke depan. Nantinya, peserta capacity building ini akan belajar mengenai kebijakan dan strategi yang tepat untuk memanfaatkan perkembangan e-commerce yang dianggapnya kian moncer di Indonesia. Menurut data yang dimiliki Elen, nilai transaksi e-commerce di Indonesia per 2016 tercatat di angka Rp7,5 triliun dengan pengguna internet aktif sebanyak 132,7 juta. “Nanti kami bisa belajar dari Singapura, bagaimana mereka yang hanya negara kecil tapi bisa menjadi hub bagi e-commerce di dunia. Ini manfaat yang bisa diambil,” ungkap Elen ditemui di kantornya, Senin (12/3). Tak hanya itu, ia juga berharap pe mbe l ajar an ini bisa be r guna bagi BUMN logistik untuk bisa memanfaatkan peluang dari gencarnya e-commerce. Maka, tak heran jika PT Pos Indonesia (Persero) menjadi koordinator pelaksanaan program ini. Apalagi, Kemenko Perekonomian

berharap PT Pos Indonesia bisa bertransfor masi menjadi tulang punggung logistik e-commerce Indonesia. “Dengan logistik yang tepat, maka waktu dan biaya bisa lebih efisien dan itu bisa menunjang kegiatan e-commerce,” ungkapnya. Sementara itu, Chief Executive Temasek Foundation Benediktus Cheong mengatakan program ini murni usulan pemerintah Indonesia, dan bukan inisiasi Singapura. Meski dana yang digulirkan Temasek Foundation dianggapnya tidak besar, namun ia berharap ini bisa membantu aktivitas ekonomi Indonesia. Pasalnya, jika ada gangguan ekonomi di Indonesia, maka dampak itu juga bisa menular ke negara Asia Tenggara lainnya. Hal itu mengingat ukuran ekonomi Indonesia terbilang besar, tercermin dalam Produk Domestik Bruto (PDB). “Ini pembelajaran bagi kami, bahwa kami bisa belajar mengenai sistem logistik Indonesia yang berpulau-pulau. Sementara kami kan hanya satu pulau saja,” jelas dia. (cnn/swm)


SelaSa

10 13 Maret 2018

BISNIS

Lion air BERANGKAT KE Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 211 JT 397 JT 207 JT 395 JT 303 JT 201 JT 387 JT 399 JT 383 JT 385 JT 203 JT 305 JT 205 JT 140 JT 295 JT 913 JT 960 JT 902 JT 196 JT 306 JT 396 JT 231 JT 131 JT 970 JT 957 JT 988 JT 932 JT 972 JT 977 JT 134 JT 132 JT 136

JAM 07.50 08.40 11.50 12.50 13.50 15.20 15.50 17.45 18.00 18.30 20.10 12.40 16.40 06.30 09.00 13.15 08.10 14.50 20.25 06.00 13.00 07.00 09.20 10.00 12.25 12.55 14.50 08.00 09.40 16.15

TIBA DARI Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 210 JT 380 JT 394 JT 302 JT 200 JT 204 JT 306 JT 398 JT 382 JT 202 JT 206 JT 396 JT 212 JT 141 JT 294 JT 911 JT 961 JT 912 JT 397 JT 197 JT 305 JT 130 JT 230 JT 956 JT 971 JT 973 JT 989 JT 974 JT 958 JT 135 JT 133 JT 137

JAM 07.20 08.20 10.20 11.10 12.10 13.10 14.10 14.40 15.10 17.20 18.30 19.45 21.50 15.30 19.30 12.35 19.10 22.15 07.05 11.05 17.40 12.20 19.25 10.50 12.15 16.00 17.10 18.30 19.50 10.20 12.00 18.40

Sriwijaya air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 020 SJ 102 IN 9035 SJ 021

06.05 09.40 08.50 11.30 12.15

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 016 SJ 013 IN 9034 SJ 020

08.10 16.35 11.00 10.45 11.30

Silk air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Singapura Singapura

MI 233 MI 237

08.40 20.05

Singapura Singapura

MI 234 MI 238

07.55 19.20

BERANGKAT KE Subang

Flight FY 3413

JAM 10.50

TIBA DARI Subang

Flight FY 3412

JAM 10.25

Flight 3K 281

JAM 09.05

Firely

Jetstar asia BERANGKAT KE Singapura

Flight 3K 282

JAM 09.45

TIBA DARI Singapura

Malaysia airlines BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 861 MH 865

09.05 15.5

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 860 MH 864

08.25 15.1

Citilink BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 8817 QG 831 QG 837 QG 833 QG 835 QG 143 QG 141 QG884 QG 882 QG 927

06.35 08.40 09.35 18.50 20.25 11.00 18.10 08.50 15.05 12.05

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 830 QG 836 QG 832 QG 834 QG 140 QG 142 QG 885 QG 883 QG 926

08.10 14.35 09.10 19.55 07.15 10.30 08.20 18.15 11.30

Jadwal Sewaktu - waktu dapat berubah

Antara | Yulius Satria Wijaya SUBSIDI SOLAR. Petugas mengisi bahan bakar jenis solar di salah satu SPBU. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengajukan tambahan subsidi untuk BBM Solar dari sebelumnya Rp500 per liter menjadi Rp1.000 per liter. Hal tersebut sebagai salah satu kompensasi ditahannya harga BBM penugasan sampai 2019.

Subsidi Solar bakal Naik Rp1.000 per Liter Jakarta | Jurnal Asia PT Pertamina (Persero) memastikan rencana kenaikan subsidi solar sebesar Rp1.000 per liter. Jumlah itu mencapai dua kali lipat dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 yang berkisar Rp500 per liter. “Pemerintah akan menambahkan Rp500 per liter, jadi Rp1.000 per liter,” tutur Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik, Senin (12/3). Penambahan subsidi sebagai konsekuen si dari kenaikan rata-rata harga minyak dunia sejak awal tahun yang sudah berada di atas US$60 per barel atau lebih tinggi dari asumsi harga minyak mentah Indonesia (ICP) dalam APBN 2018 yang dipatok US$48 per barel. Di saat bersamaan, pemerintah juga memutuskan untuk tetap menahan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubdisi dan penugasan dalam bentuk solar dan premium hingga akhir 2019. Alasannya, pemerintah ingin menjaga daya beli masyarakat yang belum sepenuhnya penuh. Selanjutnya, rencana kenaikan subsidi solar ini akan dituangkan pemerintah dalam Rancangan APBN Perubahan

(RAPBNP) 2018. Setelah itu, pemerintah akan membahas RAPBNP 2018 dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebelum akhirnya disetujui sebagai APBNP 2018. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018, pemerintah mengalokasikan subsidi energi sebesar Rp94,53 triliun dengan asumsi harga ICP sebesar US$48 per barel. Sebesar Rp46,87 triliun di antaranya akan digunakan untuk mensubsidi BBM jenis solar dan minyak tanah sebanyak 16,23 juta kilo liter (kl), serta 6,45 juta kilogram (kg) LPG yang disalurkan dalam bentuk elpiji bersubsidi bagi rakyat miskin dengan volume 3 kg. Tambah Rp 4 T Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan memberikan kesepakatan untuk menaikkan nominal subsidi BBM jenis solar menjadi Rp 1.000 per liter. “Kita akan alokasikan kenaikan subsidi bagi solar sehingga Pertamina tidak mengalami beban secara perusahaan,” kata Sri Mulyani Dia memperkirakan anggaran tambahan yang dibutuhkan dari kenaikan besaran subsidi solar mencapai Rp 4,1 triliun

mengacu pada volume yang dikonsumsi sebanyak 16.320 ribu kiloliter (KL) atau 16,3 juta KL. “Dengan penambahan menjadi Rp 1.000, Mungkin sekitar Rp 4-5 triliun. Tapi hitungan terakhir kita tambahan subsidinya sekitar Rp 4,1 triliun,” kata Sri Mulyani. Selain solar, Sri Mulyani juga akan menghitung kembali alokasi anggaran subsidi listrik kepada PT PLN. Sebab, pemerintah sepakat untuk menambah 1 juta tambahan pelanggan rumah tangga kapasitas 450 VA. Sehingga anggaran subsidi bertambah untuk 24,1 juta pelanggan dari yang dianggarkan pada APBN 2018 sebanyak 23,1 juta. “Jadi kita akan menghitung berapa jumlahnya untuk kebutuhan PLN menambah 1 juta pelanggan dan untuk listrik PLN juga akan mendapatkan capping harga DMO batubara sebesar US$ 70 per ton,” jelas dia. Sedangkan anggaran untuk elpiji 3 kg tidak mengalami perubahan, subsidinya tetap 7.008 per kg untuk volume 6,450 juta kg. Begitu juga pada BBM jenis premium yang tidak ada perubahan. (cnn/dc/swm)

Uang Tabungan 16 Nasabah BRI Hilang Misterius Kediri | Jurnal Asia Belasan nasabah bank BRI Unit Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, kehilangan uang tabungannya secara misterius. Uang tabungan milik nasabah itu tiba-tiba berkurang dengan variasi antara Rp 500.000, Rp 4 juta, bahkan ada juga yang mencapai Rp 10 juta. Para nasabah itu kemudian berbondong-bondong datang ke kantor BRI untuk mengetahui penyebab hilangnya uang dalam rekening tabungan itu. Elvina, salah seorang nasabah, mengatakan, uang tabungannya berkurang sebesar Rp 500.000. Hal itu setelah tiba-tiba dia menerima pesan singkat pada ponselnya yang berisi pemberitahuan transaksi debet pada Minggu (11/3) malam. “Padahal, saya tidak menggunakannya

sama sekali,” ujar Elvina saat ditemui di halaman kantor BRI Unit Ngadiluwih. Mujiyat, nasabah lainnya, kehilangan uang hingga Rp 10 juta. Itu dia ketahui saat transaksi penarikan ATM gagal, padahal seingatnya masih ada cukup uang di rekeningnya. “Saya mau narik Rp 5 juta gak bisa, kena limit. Uang rekening saya Rp 50 juta,” ujarnya. Dari pengecekan yang dilakukannya di bank, diketahui ada transaksi dua kali pada rekeningnya, yaitu pada tanggal 10 dan 11 Maret. Dia merasa janggal karena dua transaksi itu tidak dilakukannya. Baik Elvina maupun Mujiyat sudah mengurus masalah ini di kantor BRI tempatnya membuka rekening. Oleh pihak bank, mereka disarankan menunggu beberapa hari untuk mengatasi masalah ini.

Para nasabah lainnya berdatangan untuk memeriksa tabungannya karena khawatir uang mereka turut raib. Hal itu membuat Kepolisian Sektor Ngadiluwih turun tangan untuk mengamankan lokasi. Kapolsek Ngadiluwih Ajun Komisaris Sokhib Dimyati mengimbau warga untuk tidak panik. Menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak bank dan bank akan mengganti uang yang hilang. “Sejauh ini laporan yang masuk ada 16 nasabah yang mengaku kehilangan uangnya,” ujar Dimyati. Sementara itu, pihak bank BRI Cabang Kediri sudah mendapat laporan tentang kejadian ini. Dugaan awal adalah adanya aktivitas skimming dan saat ini sudah ditangani oleh BRI pusat. “Dugaan sementara dan kemungkinan adalah skimming,” ujar kepala Cabang BRI Kediri Dadi Kusnadi. (kc/swm)


selasa 13 maret 2018

11

SAMBUNGAN Biaya Haji .................................. “Dengan rincian 3.782 riyal dialokasikan dalam anggaran dana optimalisasi, dan 668 riyal atau Rp 2.384.760 yang dibayar jemaah haji,” jelas Bambang. Selain itu, lanjut Politikus Golkar itu, biaya living allowance sebesar 1.500 riyal atau sebesar Rp 5.355.000 diserahkan kepada jamaah haji dalam mata uang riyal. Dalam pertemuan antara Kemnag dan Komisi VIII, juga disepakati alokasi anggaran safeguarding dan indirect cost BPIH tahun 2018 sebesar Rp 6,327 miliar. Juga disepakati alokasi anggaran safeguarding dalam indirect cost BPIH sebesar Rp 30 miliar sebagai antisipasi untuk selisih kurs, force majeur dan kemungkinan timbulnya biaya tak terduga lainnya. Pemerintah dan DPR di pertemuan itu juga sepakat soal adanya peningkatan pelayanan, di antaranya jumlah makan di Mekkah menjadi 40 kali. Sebelumnya, kata Bamsoet, hanya 25 kali. Dan di Madinah sebanyak 18 kali. “Serta menyediakan tambahan snack di pemondokan Mekkah,” imbuh Bamsoet. Waktu tinggal jemaah di Arab Saudi selama 41 hari dan penambahan alokasi kuota petugas haji Indonesia tahun 2018 sesuai ketersediaan bar code sejumlah 4.100 orang. Disepakati juga soal peningkatan kualitas koper dan tas kabin bagi jemaah haji. “Pembahasan BPIH tahun 2018 dilakukan dengan komitmen meningkatkan kualitas pembinaan, pelayanan dan perlindungan,” tandasnya. (bs/put)

Minggu Ini ................................................................................................................... KPK sebelumnya memiliki informasi dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) soal aliran dana yang terkait peserta pilkada. Laporan PPATK berjumlah 368 transaksi mencurigakan. Saat ini, yang sudah ada hasil analisa berjumlah 34 laporan. Sementara itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, pemerintah meminta agar KPK menunda pengumuman penetapan tersangka tersebut. “Kalau sudah ditetapkan sebagai Paslon menghadapi Pilkada serentak, kami dari penyelengara minta ditunda dulu lah ya. Ditunda dulu penyelidikan, penyidikannya dan pengajuannya dia sebagai saksi atau tersangka,” ujar Winarto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin siang. Menurut pemerintah, penetapan pasangan calon kepala daerah sebagai tersangka justru akan berpengaruh kepada pelaksanaan Pilkada. Hal itu juga bisa dinilai masuk ke ranah politik. Wiranto menuturkan, pasangan calon kepala daerah yang sudah terdaftar bukan lagi hanya sekadar pribadi, namun sudah menjadi milik partai dan milik masyarakat sebagai pendukungnya. Oleh karena itu, penetapan

tersangka calon kepala daerah oleh KPK dinilai akan berpengaruh pada pelaksanaan pencalonannya sebagai perwakilan dari Paprol atau yang mewakili para pemilih. “Jangan sampai ada langkah-langkah tertentu yang justru mengganggu jalannya pemilu yang kita harapkan, sukses, aman, tertib,” kata Wiranto saat mengelar konferensi pers di Jakarta. Menurut Wiranto, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan para penyelengara pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu, sudah berbicara dengan KPK terkait hal tersebut. Namun, pemerintah mengakui hal itu belum cukup. Oleh karena itu, kata Wiranto, pemerintah akan kembali bertemu dengan KPK untuk membicarakan rencana penetapan tersangka kepala daerah. Menurut mantan Panglima Angkatan Bersenjata RI itu, penetapan tersangka calon kepala daerah tidak masalah bisa pasangan calon tersebut belum resmi mendaftar di KPU. Meski banyak pejabat hadir, namun yang ikut dalam konferensi pers hanya Wiranto, Ketua KPU, dan Bawaslu. Sementara pejabat lainnya memilih pergi meninggalkan Kantor Kemenko Polhukam

KPU Tak Ikut Campur Terkait hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku tidak mau ikut campur dalam urusan penetapan tersangka korupsi calon kepala daerah oleh KPK. Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, penetapan tersangka calon kepala daerah merupakan kewenangan KPK. KPU menghargai apapun keputusan KPK nantinya. “Menetapkan tersangka itu bukan kewenangan KPU. KPU penyelenggara (pemilu),” ujarnya usai rapat koordinasi khusus (Rakorsus) Pilkada di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (12/3). Meski secara lembaga menghargai KPK, KPU tidak memungkiri ada hal lain yang berkembang di dalam Rakorsus Pilkada serentak 2018. Hal tersebut yakni kekhawatiran akan tercampuraduknya persolan hukum dan politik jika KPK menetapkan calon kepala daerah sebagai tersangka. Sejak awal Februari 2018 lalu, proses Pilkada sudah berjalan dan memasuki kampanye. Namun, Arief tidak menyebut dari mana usulan penundaan penetapan tersangka calon kepala daerah oleh KPK itu berasal. “Tetapi KPU tidak akan mengganggu kewenangan lembaga lain,” kata dia. (kcm/put)

Driver Online............................................................................................................................................................................ “Mengingat jumlah taksi aplikasi ini sudah terlalu banyak, diminta dilakukan moratorium. Tidak lagi menerima pendaftaran taksi online. Karena kasihan nih, driver-driver sudah berkompetisi semakin ketat,” kata Budi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta. Bahkan, lanjut Budi, ada kecenderungan bagi pengemudi taksi online saat ini yang sulit mendapatkan order. “Jadi diminta untuk melakukan moratorium,” tegasnya. Keputusan kedua yang diambil yaitu, meminta kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk segera menyelesaikan sistem dashboard taksi online yang ditargetkan selesai minggu ini. “Mengonsolidasikan data-data dari aplikator itu dalam dashboard

dan ditugaskan kepada Menkominfo menyelesaikannya dalam minggu ini,” ujar dia. Dia menegaskan, moratorium pendaftaran driver taksi online berlaku untuk seluruh daerah. Keputusan ini berlaku hingga ada keputusan selanjutnya. Mengenai jumlah, kata Budi, yang mengetahui adalah aplikatornya sendiri, dan Kemenkominfo bakal menerbitkan aturan dan melakukan pemantauan jumlah pengemudi taksi online melalui dashboard. “Ya nanti minta Menkominfo untuk membuat suatu regulasi (untuk memantau jumlah pengemudi). Aplikator kan domainnya dari Kemenkominfo. Saya konsisten memberlakukan PM 108 saja,” kata dia. Kredit Macet Mengancam

Terkait hal ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan alasan adanya moratorium itu untuk melindungi pengemudi taksi online agar tidak gagal bayar dalam pembayaran kredit mobil yang digunakan untuk operasional taksi online. Sebab dari data miliknya, kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk taksi online banyak dibeli dengan cara dicicil, sehingga dapat menimbulkan kekhawatiran kredit macet karena kesulitan mendapatkan penumpang. Apalagi jumlah taksi online yang ada sudah terlampau banyak. “Karena jumlahnya kalau berlebihan nanti, itu akan menimbulkan masalah. Karena 70% dari hasil studi itu, pembelian kendaraan-kendaraan itu pakai kredit. Kalau nanti jumlah

penumpang dengan jumlah kendaraannya nggak seimbang, kan nanti jadi nggak bisa bayar. Jadi itu yang harus dipikirkan,” kata Luhut di kantornya, Jakarta, Senin (12/3). Namun, kata Luhut, langkah ini baru sekadar antisipasi. Untuk saat ini, dirinya belum menerima laporan adanya gagal bayar yang terjadi di lapangan. “Kredit banyak, tapi belum ada yang gagal bayar. Tapi kita menjagajaga, jangan sampai ada gagal bayar,” ujarnya Sama seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Luhut juga belum bisa memastikan sampai kapan moratorium dilakukan. Dia hanya mengatakan moratorium itu akan dihentikan dengan melihat jumlah permintaan dan kebutuhan taksi online seimbang.

“Ya kita nggak tahu sampai nanti berapa lama. Kan kalau 70% nanti orang yang kredit mobil misalnya, nggak bisa bayar bagaimana? Kan jadi masalah. Karena kalau makin banyak suply, kurang demand kan repot. Sampai nanti kita lihat keseimbangan dari pada suply demand,” katanya. Lebih lanjut luhut menegaskan, bahwa semua pihak harus semua pihak harus sepakat dengan keputusan ini, terutama para operator taksi online yang ada. Para operator diminta untuk mematuhi aturan yang ada. “Operatornya ini harus semua sepakat, kan aturan yang kita buat sama-sama. Harus sepakat dong, kalau nggak mau diatur ya bagaimana. Kan musti diatur. Kan pemerintah tugasnya mengatur dengan baik, kita bisa kita bebas-sebebasnya saja,” tutur Luhut. (dtf/vv/put)

KPU Sumut .............................................................................................................................................................................. ”Yang dileges ulang bukan foto copy ijazah tetapi surat keterangan pengganti ijazah,” kata anggota KPU Sumut Iskandar Zulkarnain di grup whatsapp KPU Sumut. Sementara, Anggota KPU Sumut Benget Silitonga menegaskan, putusan Bawaslu Sumut memerintahkan JR Saragih untuk melegalisir ulang ijazah/ STTB SMA miliknya untuk memenuhi syarat pencalonan di Pilgub Sumut 2018. “Tanya yang bersangkutan. Proses hari ini tidak ada kami lihat pelaksanaan putusan Bawaslu. Putusan Bawaslu itu kan legalisir ulang fotokopi ijazah. Yang kami lihat hari ini bukan pelaksanaan keputusan Bawaslu, tapi dokumen lain,” ungkapnya. Nah, saat ditanya bagaimana pandangan KPU Sumut mengenai legalisir ini, apakah menerimanya atau tidak, Benget belum dapat memastikannya. “Kita lihatlah dulu,” tukasnya. Ancam Pidana KPU Sumut Sementara, JR Saragih mengungkapkan tidak ada masalah dengan legalisir SKPI. Ia pun merasa yakin KPU Sumut dapat menerimanya

dan meloloskannya untuk ikut menjadi paslon di Pilgubsu 2018. Ketika disinggung bila nantinya mengambil sikap sebaliknya, yakni menolak SKPI dan tidak menetapkannya sebagai calon Gubernur, JR dengan tegas mengancam akan mempidanakan KPU. “Kalau dia (KPU Sumut) tidak akui (fotokopi SKPI yang dilegalisasi) akan kita adukan pidana. Karena (SKPI) itu resmi jelas. Kita akan laporkan sesuai Pasal 180 (UU No 10 Tahun 2016) , karena menghalang-halangi,” ucap JR Saragih kepada wartawan. Sesuai putusan Bawaslu Sumut, lanjut JR Saragih, KPU Sumut harus membuat keputusan dalam tiga hari setelah proses legalisasi fotokopi ijazahnya. Menurut JR Saragih, dirinya bersama Ance Selian harus ditetapkan sebagai pasangan calon GubernurWakil Gubernur Sumut. “Paling lama Hari Jumat (16/3),” imbuhnya. Meski yang dilegalisasi adalah fotokopi Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB (SKPI), JR Saragih tetap optimistis akan ditetapkan KPU Sumut sebagai calon gubernur. “Seratus

persen saya yakin jadi calon Yang saya perjuangkan bukan kehendak JR Saragih, tapi membawa marwah masyarakat Sumut,” sambungnya. Optimisme JR Saragih ini juga didasari SKPI-nya telah sesuai aturan, yakni dilengkapi nomor ijazah, nilai, dan sidik jari. Dia membandingkannya SKPI digunakan calon lain saat mendaftar ke KPU Sumut beberapa waktu lalu. “Orang lain juga diterima, nomor ijazahnya tidak ada, pendaftaran tanggal 10, SKPI-nya tanggal 15, jadi dia waktu mendaftar pakai apa? Kalau (JR-Ance) dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat), kita pidanakan,” ucapnya. Ketetapan KPU Sumut nantinya juga menentukan langkah JR SaragihAnce Selian dalam gugatannya di PTTUN Medan. Pasangan yang diusung Partai Demokrat ini sebelumnya juga menggugat putusan Bawaslu Sumut, yang hanya mengabulkan sebagian permohonan mereka, ke PTTUN Medan. JR mengakui langkah timnya ke PTTUN Medan untuk mengantisipasi

terbatasnya waktu legalisasi fotokopi ijazah yang diputuskan hanya 12 hari kerja. Berdasarkan pengalaman pihaknya, urusan seperti itu bisa memakan waktu hingga 21 hari. Jika KPU Sumut menetapkan JR Saragih-Ance Selian sebagai pasangan cagub-cawagub Sumut, gugatan di PTTUN Medan akan dicabutnya. “Kalau sudah diselesaikan KPU, kita cabut gugatan di PTTUN. Kalau tidak, kita lanjut dan ada pidananya,” sebut JR Saragih. Menurutnya, yang menghilangkan ijazah itu adalah timnya yang mengurus legalisasi pascaputusan Bawaslu Sumut. “Itu kelalaian, karena baju juga hilang,” sebutnya. Kehilangan itu telah dilaporkan ke Polsek Metropolitan Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan nomor laporan 1150/B/III/2018/Sektro. Kom tertanggal 5 Maret 2018. Berbekal laporan itu, JR Saragih membuat SKPI ke Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kota Administrasi Jakarta Pusat. Fotokopi SKPI itu kemudian dilegaliasasi disaksikan pihak KPU Sumut dan Bawaslu Sumut. “Tidak mungkin dia mau meleges kalau ijazah saya palsu,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebagian permohonan yang diajukan oleh bakal calon Gubernur Sumut, JR Saragih dikabulkan oleh majelis musyawarah dalam sengketa pencalonan Pilgubsu 2018, Sabtu (3/3) malam. Dalam putusannya, JR Saragih diberi kesempatan selama tujuh hari kerja untuk menyerahkan kembali legalisir ijazah SMA yang baru ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut untuk melengkapi syarat calon. Pimpinan majelis musyawarah, Hardi Munte juga memerintahkan KPU Sumut untuk membatalkan Surat Keputusan Nomor 07/PL.03.3/Kpt/12/ prov/II/2018 tertanggal 12 Februari 2018 tentang penetapan paslon Pilgubsu yang mencoret JR SaragihAnce Selian. Ada 8 poin putusan yang dibacakan majelis musyawarah. “Pertama, mengabulkan permo honan sebagian. Kedua, memerintahkan pemohon untuk melakukan legalisir ulang ijazah SMA pemohon kepada instansi yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tandas Hardi yang merupakan anggota Bawaslu Sumut. (bowo/put)


12

selasa 13 maret 2018

SEREMONI

4.000 Bidan Desa Segera Diangkat Jadi CPNS Jakarta | Jurnal Asia Pemerintah akan segera mengangkat 4.153 bidan desa yang berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Menurut Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, draf Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pengangkatan bidan desa yang berstatus PTT untuk menjadi CPNS telah selesai dan telah difinalisasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Saat ini, lanjut dia, draf Keppresitupun sedang dalam tahapan sinkronisasi di Kementerian Polhukam. “Draf Keppres itu sedang dalam tahapan sinkronisasi di Kementerian Polhukam. Prinsipnya sudah disetujui,” kata Moeldoko kepada perwakilan Federasi Organisasi Bidan

Desa (Forbides) Indonesia, dikutip dari laman setkab.go.id. Ketua Forbides, Lilik Dian Eka Sari, menyampaikan masih terdapat 4.153 bidan desa dengan status PTT yang belum diangkat menjadi CPNS. Mereka tidak termasuk di antara 37 ribu bidan desa yang telah diangkat sebagai CPNS, karena terkendala administrasi dan juga usia mereka di atas 35 tahun. “Kami berharap yang empat ribu orang ini bisa segera terselesaikan statusnya, agar tak lagi dikejar-kejar pungutan liar setiap perpanjangan kontrak,” kata Lilik. Moeldoko menyampaikan, pemerintah menghormati profesi para bidan desa lantaran terkait dengan kemanusiaan dan juga bertugas di daerah-daerah perbatasan dan juga terpencil. (rep/van)

Antara | Ari Bowo Sucipto OPTIMALISASI MUSEUM DENGAN TEKNOLOGI. Pengunjung melihat koleksi arca yang dipajang dengan memanfaatkan teknologi multimedia dan tata cahaya serta kode QR di Museum Mpu Purwo, Malang, Jawa Timur, Senin (12/3). Pemerintah melalui Kemenko Pembangunan Manusia dan kebudayaan (PMK) berupaya mengoptimalisasi museum di Indonesia yang berjumlah 461 museum dengan memanfaatkan teknologi guna mengurangi kesan suram, menambah daya tarik serta memaksimalkan perannya sebagai sarana edukasi sejarah yang lebih inovatif.

Penyaluran Dana Indonesia Pintar Dipercepat Jurnal Asia | Ist KETUA DPRD Sumut Wagirin Arman foto bersama pengurus IMM.

IMM Permersatu Bangsa dan Umat Medan | Jurnal Asia Ketua DPRD Sumatera Utara H Wagirin Arman berharap kader Ikatan Mahasiwa Muhammadiyah (IMM) menjadi perekat pemersatu bangsa dan umat. Sebab kondisi bangsa belakangan ini terus dirongrong oleh pihak-pihak yang mengjnginkan bangsa dan tanah air Indonesia pecah. Hal itu disampaikan Wagirin Arman kepada pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IMM Sumut dipimpin Ketua dan Sekretaris Budi Setiawan Siregar dan Ikwal Pasaribu ssat beraudiensi dengan Ketua DPRD Sumut. Wagirin mengatakan, kondisi masyarakat Sumatera Utara dikenal memiliki beragam suku, budaya, etnis dan agama hendaknya dijadikan keistimewaan dan kebanggaan tersendiri bagi provinsi Sumut. Naamun sebaliknya keberagaman dan keistimewaan tersebut bisa menjadi ancaman terjadinya perpecahan jika ada pihak yang terus berupaya merongrong dan merusaknya,”kata politisi Partai Golkar ini. Untuk itu, Wagirin berharap IMM sebagai generasi penerus Muhammadiyah turut serta berperan menjadi alat pemersatu bangsa. “Kita berharap IMM turut serta aktif mengawasi jalannya roda pemerintahan di tanah air dan daerah ini benar-benar berpihak pada rakyat dan umat,” sebutnya.

Lebihlanjut Wagirin juga mengajak kader IMM sebagai aktivis inetelektual umat giat melakukan kajian membahas permasalahan bangsa dan daerah. Salahsatunya kajian kembali persoalan pemilihan kepala aderah, apakah menguntungkan masyarakat dsn tidak melanggar nilai-nilai Pancasila. “Sepertinya IMM sudah perlu melakukan kajian, apakah sistem pilkada langsung yang memakan biaya cukup besar ini dipertahankan atau dikembalikan ke DPRD. Sebab melihat kondisi pilkada yang terjadi di daerah rentan terjadinya perpecahan dan memakan biaya cukup besar,” katanya. Selanjutnya Wagirin juga mengajak kader IMM jadi motor penggerak pemberantasan narkoba bagi kalangan pelajar, mahasiswa hingga pemuda. Terakhir Wagirin juga menyampaikan apresiasi selamat atas pelaksanaan Milad IMM ke 58 tahun. Sebelumnya, Ketua DPD IMM Sumut Budi Setiawan Siregar menyampaikan audiensi ke Ketua DPRD Sumut dilakukan dalam rangka pelaksaan Milad IMM ke 58 tahun dan Musywarah Daerah (Musda) IMM Sumut ke 18.”Pelaksaan Musda dan Milad IMM Sumut akan dilaksanakan di Kabupaten Tapsel oada tanggal 22 Maret 2018. Untuk itu kami beraharap DPRD Sumut turut serta membantu dan mensukseskannya,” harapnya. (isvan)

Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mempercepat penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2018 bagi siswa yang duduk di kelas terakhir di setiap jenjang pendidikan. Rencananya, PIP bagi siswa tersebut akan disalurkan pada akhir Maret 2018. Kendati demikian, hingga saat ini Kemendikbud belum mengantongi data pasti berapa jumlah siswa yang akan menerima dana PIP tersebut. Sebab, menurut Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad, masih ada beberapa daerah yang belum iksasi data. “Masih dalam pendataan (jumlah

siswa kelas terakhir penerima PIP tahun 2018), karena data dari dinas pendidikan setiap daerah masih berubah-ubah,” kata Hamid usai diskusi Serba-serbi PIP di Jakarta, Senin (12/3). Hamid mengatakan, percepatan tersebut disebabkan karena siswa yang kini duduk di kelas enam SD, dan kelas tiga SMP dan SMA atau sederajat akan segera menghadapi ujian akhir. Sehingga, pemerintah memutuskan untuk mendahulukan penyaluran PIP kepada siswa tersebut. Hamid mengatakan, sejak bulan Januari 2018 Kemendikbud telah memberikan surat edaran terkait percepatan pengisian data siswa kepada semua kepala Dinas

Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Menurut dia, rencananya pada tahun 2018 ini pemerintah akan menyalurkan dana PIP sebanyak 17.927.308 kepada peserta didik agar pada jenjang SD, SMP dan SMA sederajat. “Sasaran penerima yang diprioritaskan bagi peserta didik yang telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP),” kata Hamid. Karena itu, dia mendorong agar satuan pendidikan di setiap daerah mempercepat pengisian pendataan siswa yang memiliki KIP ke dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Dengan begitu, pihaknya bisa segera mengetahui jumlah pasti penerima PIP tahun 2018. (rep/van)


selasa 13 maret 2018

13

SEREMONI

Perluasan PKH 2019 Butuh Kajian Seksama

Antara | Adiwinata Solihin PENINGKATAN PEREKONOMIAN MELALUI SAMPAH. Pekerja memilah dan mengepak sampah kardus di Tempat Pengolahan Sampah (TPS) swadaya masyarakat di Moodu, Gorontalo, Gorontalo, Senin (12/3). Pemanfaatan sampah di Gorontalo kini menjadi salah satu faktor peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat.

Omzet BUMN Perikanan Naik 3 Kali Lipat Boston | Jurnal Asia Kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mulai terasa. Salah satunya yakni angka ekspor ikan yang meningkat. Setidaknya, berkah itu dapat dilihat di 2 BUMN yaitu PT Perikanan Nusantara (Persero) & Perum Perikanan Indonesia (Perindo). Keduanya menangguk angka penjualan hingga 3 kali lipat lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Perikanan Nusantara, membukukan penjualan Rp 400 miliar pada 2017, jauh lebih tinggai dari 2016 yang hanya Rp 120 miliar. Sementara itu, Perindo mampu menjual hingga Rp 602 miliar pada 2017, jauh lebih tinggi dari 2016 yang senilai Rp 220 miliar. “Ini menjawab (pertanyaan orang) ngapain sih ini illegal ishing ditengelamtenggelamin. Target saya, Rp 1,038 triliun untuk tahun ini,” kata Presiden

Direktur Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda usai penandatanganan kontrak baru senilai US$ 9 juta dengan 2 perusahaan Amerika Serikat (AS) di ajang pameran Seafood Expo North Amerca (SENA), di Boston, AS, Minggu (11/3) waktu setempat. Dua perusahaan swasta AS tersebut yakni North Atlantic Inc dan Harbor Seafood Inc. Perusahaan AS ini bergerak di bidang ritel dan menjual produk dari Indonesia yang sudah siap dipasarkan. “Ini menunjukkan bahwa kita mampu mengenalkan produk dan lolos FDA di Amerika. Itu yang paling susah. Artinya kalau kita bisa tembus di sini, kita bisa tembus ke manapun,” ucap Risyanto yakin. Menanggapi tingginya pasar tersebut, Susi yang ikut menyaksikan penandatangan kontrak tersebut optimistis. Kebijakan KKP mampu

mendorong ekspor dan peningkatan industri dalam negeri secara maksimal. “Ini (penenggelaman kapal illegal fishing) katanya nggak membela industri. Industri tidak bergerak. Gimana ceritanya? Semua tumbuh 2-3 kali lipat. Itu saja mereka (2 perusahaan BUMN) yang masih tidak efisien, tumbuhnya 2-3 kali lipat, apalagi yang swasta. Cuma swasta pada nggak mau ngomong, takut,” ucap Susi pada kesempatan serupa. Sebagai catatan, Amerika merupakan pasar penting ekspor ikan Indonesia. Dari tahun ke tahun, angka ekspor terus meningkat. Menurut data Ditjen PDSPKP KKP, ekspor ikan ke AS mencapai US$ 1,8 miliar (2017) atau meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai US$ 1,6 miliar. Nilai itu didominasi oleh penjualan cumisotong-gurita yang mencapai US$ 25,9 juta. (dc/van)

Kemenag Gelar Aanwjzing Penyediaan Katering Jemaah Haji Jeddah | Jurnal Asia Kementerian Agama menggelar Aanwijzing Penyediaan Katering Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi tahun 1439H/2018M. Aanwijzing digelar di Kantor Teknis Urusan Haji Jeddah. Aanwijzing merupakan awal rangkaian proses penyediaan katering untuk jamaah haji Indonesia tahun 1439H/2018M. “Saya harap dengan adanya acara ini tercipta iklim kompetisi positif dalam meningkatkan pelayanan katering kepada jamaah haji,” Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis di Jeddah, Senin (12/3). Menurut Sri Ilham, antusiasme peserta Aanwijzing sangat besar. Aula Kantor Teknis Urusan Haji Jeddah dipadati sekitar 148 pengusaha yang bergerak dalam bidang katering. Kenaikan harga BBM dan bahan baku makanan seiring diberlakukannya kebijakan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di Arab Saudi,

sepertinya tidak menyurutkan para pengusaha katering untuk ikut serta dalam Aanwijzing. Kepada para peserta, Sri Ilham menyampaikan, indeks kepuasan jamaah haji Indonesia terus mengalami kenaikan. Artinya upaya yang dilakukan seluruh stakeholder haji termasuk para penyedia katering dinilai baik di mata Jemaah. “Harapannya, tahun ini akan meningkat Indeks Kepuasan Jamaah Haji (IKJH) dari sebelumnya di angka 84,85 menjadi 85 (sangat memuaskan),” ujarnya. Sri Ilham menambahkan, pemerintah pada operasional haji tahun ini akan menambah porsi makanan bagi jamaah haji selama di Makkah. Kalau tahun lalu sebanyak 25 kali makan, tahun ini ditambah menjadi 40 kali makan. “Hal ini sebagai respons terhadap harapan jamaah haji, sehingga diharapkan jamaah dapat konsentrasi melaksanakan ibadahnya selama di Tanah Suci,” kata Sri.

Dalam proses penyediaan katering, tahun ini pemerintah mensyaratkan kepada seluruh penyedia untuk menggunakan produk dan bumbu makanan Indonesia, serta juru masak Indonesia yang berkompeten. Karena selama ini masih terdapat komplain dari sebagian jamaah bahwa makanan yang dihidangkan belum memenuhi cita rasa makanan nusantara. “Hal ini juga sejalan dengan arahan presiden Jokowi yang selalu meminta seluruh unit pemerintahan untuk bisa memaksimalkan penggunaan produkproduk Indonesia,” tuturnya. Bersamaan dengan aanwijzing, Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah bekerja sama dengan KJRI Jeddah melaksanakan pameran produk makanan dan minuman Indonesia di Kantor Teknis Urusan Haji Jeddah. Pameran tersebut diikuti 8 importir Arab Saudi dan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 10 – 12 Maret 2018. (rep/van)

Jakarta | Jurnal Asia Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat mengaku Kemensos siap menjadi kementerian teknis yang mendistribusikan perluasan bantuan sosial (bansos) program keluarga harapan (PKH) 2019. Namun, itu butuh kajian seksama, termasuk kemampuan fiskal yang dimiliki Indonesia. “Selain itu, kajian yang juga diperlukan adalah sejauh mana perluasan kepesertaan PKH itu berkorelasi dengan penurunan angka kemiskinan. Kajian semacam ini di Bappenas,” katanya usai konferensi pers pencapaian PKH tahap 1 2018, di Jakarta Pusat, Senin (12/3). Hal yang tidak boleh dilupakan yaitu sejauh mana efektifitas perluasan kepesertaan PKH itu dari aspek perluasan itu sendiri. Pada dasarnya, Harry melihat, pernyataan Presiden tersebut sebagai bentuk keseriusan pemerintah mencapai target pengurangan kemiskinan. Dalam rencana kerja pemerintah (RKP) 2019 disebutkan bahwa pengurangan kemiskinan dan pembangunan manusia sebagai prioritas

pertama dalam pembangunan nasional. “Jadi ini cerminan keinginan kuat pemeritah yang perlu didukung kemampuan fiskal yang sepadan,” ujarnya. Harry memastikan, Kemensos siap jika memang pemerintah meningkatkan perluasan PKH menjadi 15 juta KPM 2019. Ia menerangkan dulu pada saat perluasan dari Rp 6 juta menjadi Rp 10 juta, banyak pihak meragukan Kemensos namun ternyata dugaan itu salah. “Jadi kalau diputuskan menjadi Rp 15 juta, Insya Allah kami siap,” kata Harry. Namun, selain dengan memperhatikan hasil kajian yang sedang berjalan, juga harus dilakukan sejumlah persiapan sebelum PKH diperluas menjadi 15 juta KPM. Misalnya, persiapan tentang lokasi KPM PKH yang diperluas, butuh waktu juga untuk rekrutmen sumber daya manusia (SDM) PKH. “Perlu waktu bimbingan teknis SDM PKH baru, pembuatan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), pembukaan rekening, dan lainnya. “Tahapan persiapan ini kan harus dilalui. Paling tidak semua ini membutuhkan waktu lima bulan sebelumnya,” ujarnya. (rep/van)

KATA PERENUNGAN He, who venerates those venerable ones, is they the Buddhas or disciples; those who have overcome obstacles and gone beyond distress and lamentation, those who are serene and all – secure – No one is able to calculate His merit as ‘such and such : Dia yang memuja mereka yang patut dipuja, yakni Sang Buddha dan para siswa – Nya yang telah mengatasi lima rintangan batin, yang terlepas dari kesedihan dan ratap tangis, yang damai dan aman; tidak seorang pun dapat mengukur jasa kebajikannya “sebanyak ini BUDDHA VAGGA XIV : 196 atau itu”.

要培養一分清淨無染的愛。 在感情上不要有得失心, 不要想回收,就不會有煩惱。 Bila kita ingin memupuk dan membina cinta kasih yang murni, jangan biarkan perasaan ‘ingin memiliki’ dan ‘takut kehilangan’ menguasai hati kita. Jika kita tidak mengharapkan imbalan, maka tidak akan timbul kerisauan.

- Kata Perenungan Master Cheng Yen -

~ 摘錄自證嚴上人靜思語 ~


14

sElasa 13 marEt 2018

OTOMOTIF

Avanza ‘Bertekuk Lutut’ di Hadapan Xpander Hanya butuh 6 bulan bagi Mitsubishi Xpander untuk merebut takhta kerajaan low MPV di Tanah Air dari Toyota Avanza. Jargon Toyota di segmen MPV yaitu Avanza harus mengakui kepopuleran Xpander yang baru seumur jagung. Data penjualan wholesales Gaikindo yang diperoleh CNNIndonesia.com, Xpander berhasil menjegal laju Avanza pada Februari 2018. Xpander mencapai

7.400 unit, sedangkan Avanza cuma 6.773 unit. Jumlah tersebut naik dari Januari sebanyak 7.079 unit (Xpander), sedangkan Avanza merosot dari 7.543 unit. Artinya ini sejarah baru di segmen LMPV dalam negeri. Avanza yang melenggang sendiri mengungguli kompetitornya selama 14 tahun terakhir, akhirnya terusir dari pasar low MPV. Klaim, PT Mitsubishi

Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), inden Xpander telah mencapai 55 ribu unit. Tingginya permintaan Xpander di dalam negeri berujung pada penundaan ekspor Xpander ke sejumlah negara. Mitsubishi lebih memilih memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Menurut MMKSI ekspor Xpander idealnya dimulai pada April 2018. Kendaraan yang diproduksi di

Indonesia ini rencananya akan diekspor ke Filiphina, Thailand untuk tahap awal. Selanjutnya ke seluruh dunia pada tahun ini. Kinerja Avanza yang kurang memuaskan sepanjang satu bulan terakhir diakui Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto sebagai langkah strategi Toyota menyambut Rush generasi kedua.

“Penurunan suplai WS (wholesales) untuk Avanza dilakukan bagian dari strategi TAM menjaga keseimbangan suplai dan demand di antara masingmasing produk yang ada agar setiap pelanggan memperoleh total ownership beneit yang sama di semua segmen dan produk,” kata Henry kepada CNNIndonesia.com, Senin (12/3). (cnn/hut)

Ferrari Buka Selubung ‘Monster’ 488 Ferrari kembali menghadirkan supercar terbaru dinamai 488 Pista di Geneva Motor Show 2018. Ini sebagai bukti bahwa Ferrari tidak berhenti menyuguhkan mobil-mobil super setelah 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale Secara teknis, Ferrari 488 Pista merangkum semua pengalaman yang telah diperoleh di sirkuit-sikuit dunia oleh 488 Challenge dan 488 GTE, mobil terbaik pendahulu 488 Pista. Diakui perusahaan, pengembangan Ferrari 488 Pista agar nyaman digunakan di jalan raya, namun tetap mengesankan di lintasan balap. Bahas eksteriornya, 488 Pista memiliki garis dua warna yang membentang sepanjang mobil, dimulai dari bumper depan, lalu masuk ke spoiler belakang. Lihat juga: italia Tawarkan ‘Wisata ngebut’ naik Ferrari Spoiler di bagian belakang berbentuk ekor lumba-lumba yang disanggah untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan. Desain knalpot kembar dan terpisah dibuat menonjol keluar. Desain itu terinspirasi 488 GTE. Lalu untuk interiornya dibuat dengan nuansa balap menggunakan material ringan seperti serat karbon dan alcantara untuk memberi ciri khas dari semua kokpit mobil Ferrari.

Mengantongi titel mobil balap legal, 488 Pista mengusung mesin V8 yang menghasilkan tenaga 709 hp pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak mencapai 770 Nm atau 10 Nm lebih besar dari 488 GTB. Tenaga yang dihasilkan diakui akan sangat memuaskan penggila kecepatan di dunia yang mementingkan kepentingan individual. Klaim manufaktur asal Italia itu, tenaga mesin yang dihasilkan masuk kategori mesin V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari menghadirkan mobil-mobil berkecepatan tinggi. Singkatnya, V8 ini merupakan standar baru tidak hanya untuk mensin turbocharged, tapi juga kepada semua jenis mesin. Mesin berperforma itu kemudian digunakan untuk ‘menggendong’ bodi yang memadukan material titanium dan serat karbon. Hasilnya, 488 Pista lebih ringan 90 kg dibandingkan 488 GTB (1.544 kg). Dalam uji coba internal, 488 Pista dapat berakselerasi dari posisi diam sampai 100 km per jam dengan waktu 2,85 detik. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 340 km per jam. Untuk menghalau pergerakkan mobil, pabrikan melengkapi sistem pengereman yang mumpuni hingga dapat memperpendek jarak pengereman 200-0 km/jam dibandingkan dengan 488 GTB. (cnn/hut)

Mobil Retro Jepang

Harga Bisa Tembus Miliaran Kondisi mobil klasik yang asli dan terawat memang bisa mebuat harganya sangat tinggi. Makanya, tidak jarang yang menjadikannya sebagai semacam invenstasi. Namun, harga mobil klasik yang begitu tinggi biasanya terlihat untuk mobil-mobil dari daratan Eropa atau Amerika. Nah, bagaimana dengan mobil-mobil Jepang? Harga tinggi itu di Indonesia sendiri biasanya berseliweran dari mulut ke mulut saja. Namun, artikel dari Speedhunters menunjukkan secara gamblang soal harga-harga mobil itu sekarang. Sebuah Nissan Skyline GT-R keluaran 1973 yang dipajang di gerai premium Rocky Auto, Okazaki, Aichi, Jepang dengan banderol 98 juta yen. Kalau dikurskan ke rupiah, berarti harganya sekitar Rp 9 miiar sampai Rp 10 miliar. “Kenapa harganya bisa sampai begitu? Buat gambaran awal, Nissan Skyline GT-R yang diberi nama ‘Kenmeri’ ini cuma dibuat 197 unit. Makin spesial lagi, cuma ada tujuh yang berwarna merah, dan ini salah satunya,” kata Dino Dalle dari Speedhunters. Nissan Skyline yang pakai nama Kenmari karena dulu diiklankan dengan dua tokoh bernama “Ken” dan “Marry” tersebut kilometer di odometernya rendah sekali, cuma 15.100 km. Padahal, usianya sudah 45 tahun. Dino juga mengutip keterangan resmi untuk mobil ini yang menyebut kalau semua bagiannya masih asli bawaan pabrik. Bukan cuma Kenmmari saja yang harganya selangit. Sebuah Toyota 2000GT yang dipajang di sana tembus 130 juta yen atau sekitar Rp 13 miliar, naik dari tahun 2013 lalu ketika dilelang di Amerika dengan harga Rp 11 miliaran. Di luar itu, ada juga Z432 tipe “R” berharga setara Rp 8 miliaran. Sementara itu, yang termahal mungkin Nissan F31 Leopard. Mobil satu ini dalam gelaran “10th Nostalgic 2 Days” itu dihargai 15 juta yen atau sekitar Rp 15 miliar. (oc/hut)


SELASA 13 MARET 2018

15

RAGAM

Larikan Septor Begal Dihajar Massa

PEMBEKALAN. Dinas Koperasi Kabupaten Tapanuli Utara mengadakan pembekalan tenaga pendamping.

Dinkop Taput Adakan Pembekalan Tarutung | Jurnal Asia Dinas Koperasi Kabupaten Tapanuli Utara mengadakan pembekalan tenaga pendamping. Kegiatan implementasi dan peningkatan kapasitas (capacity building) koperasi tahun 2018 itu diadakan di Hotel Kartini Kecamatan Siatas Barita yang dimulai tanggal 12 – 15 Maret 2018. Kadis Koperasi Taput Ir Marco Taruli Parlindungan Panggabean MSi menyatakan, kegiatan ini diikuti 15

orang peserta yang telah lulus ujian tertulis dan psikotest pada waktu yang lalu. “Untuk mendukung program pemerintah bidang perkoperasian dirasa perlu diadakan pembekalan kepada mereka yang nantinya ditempatkan di kecamatan,”katanya. Menurut Marco, materi yang disampaikan antara lain, perpajakan k o p e r a s i , p e r b a n k a n , B PJ S ketenagakerjaan dan pertanahan. Peserta pembekalan antara lain

Edwar Parulian Hutapea, Santo Saleh, Albert Silitonga,Novayanti Surya Dewi Siburian, Dameria Mega Lumbantoruan, Rio Hutabarat, Erni R Harianja, Monika Sales Tanjung, Mia Andina Sihombing, Friska Siburian, Lestari LF Simanjuntak, Mangatas Tommy Ricardo Simanjuntak, Laleo M Simanjuntak, Ichsan Kurnia Putra Manullang, Crif Connie Lumbangaol. Mereka ini nantinya ditempatkan di kecamatan, 1 orang setiap kecamatan. (nelson/nas)

Info Duka Cita Kota Medan Balai Persemayaman ANGSAPURA | Jl. Waja No. 2-4, Medan | Telp. 7345503-7364202 Tutup Jenis Usia Kelamin

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

Lk

10 Mar

13 Mar

12.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Singa No. 156 B Medan

82

Pr

11 Mar

13 Mar

10.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Sisingamangaraja No. 22/350 - Medan

THUNG SAI CU

90

Pr

10 Mar

14 Mar

10.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Timur Baru No. 4 K/12 Medan

SE GIOK SIN

90

12 Mar

16 Mar

12.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Imam Bonjol No. 16 B Medan

11 Mar

16 Mar

09.00

Dikebumikan Tie Cang Tien

Jl. Rajawali No. 88 H Cemara Asri - Medan

Blok

Nama

7

LIM BUN SING

60

VIP B

LIM SIU ENG

VIP E VIP G

TJOA PAU CEN 103

VIP L

Pr

BLOK 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 9, 3A, VIP A, C, D, F, H, K KOSONG

Rumah Duka MEDAN MURNI | Jl. Williem Iskandar No. 321, Medan | Telp. 6621388 Tutup Jenis Usia Kelamin

Blok

Nama

TULIP D

YOU BAN HOK

67

JASMINE B

JULIANTY

76

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

Lk

10 Mar

14 Mar

12.00

Dikebumikan

Jl. Krakatau Bukit Barisan II

Pr

10 Mar

13 Mar

12.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Duyung

Teluk Mengkudu| Jurnal Asia Pelaku pencurian sepeda motor (begal) Arlian Chandra(23) warga Jalan Pasar III, Desa Pondok, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang nyaris tewas dihajar massa di Desa Pasar Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Sergai. Keterangangan dihimpun Jurnal Asia, Senin (12/3) sekira pukul 16.00 WIB, Korban Bagus Wibowo (14) bersama temannya Renalda (15) dan Evan(15) ketiganya warga Dusun Darul Aman, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai, seperti biasa pergi mengembala kambing di sebuah kebun seputaran tempat tinggalnya dengan mengendarai sepedamotor Yamaha Mio tanpa nomor Polisi. Lalu sekira pukul 17.30 WIB korban dihampiri oleh tersangka Chandra dengan modus meminta tolong untuk diantar membeli nasi. Melihat kasihan, korban pun membonceng tersangka untuk mengantarkanya membeli nasi dengan didampingi beriringan oleh teman korban (saksi). Setibanya di pertengah perjalanan di Desa Sei Buluh, tersangka dengan memegang batu koral mengancam Korban agar menghentikan septornya. Dengan sangat ketakutan korbanpun menghentikan motornya dan langsung dirampas oleh pelaku. Setelah berhasil merampas sepeda motor korban, pelaku melarikan diri ke arah Perbaungan. Melihat pelaku merampas septor temannya, saksi Renalda dan Evan berteriak meminta bantuan kepada warga sekitar untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku dan sesampainya di Desa Pasar Bengkel tepatnya di Perlintasan Kereta Api, Kecamatan Perbaungan. Naas Pelaku menabrak steling pedagang dan terjatuh dari sepeda motor kemudian berhasil ditangkap oleh massa. Massa yang kesalpun secara spontan menghajar pelaku

DIAMANKAN. Pelaku pencurian sepeda motor (begal) Arlian Chandra warga saat diamankan petugas Patroli Polres Sergai dari amukan massa di lokasi Desa Pasar Bengkel tepatnya di Perlintasan Kereta Api, Kecamatan Perbaungan, Sergai. begal motor tersebut hingga babak belur. Melihat kerumunan massa, personil Polsek Perbaungan yang saat itu melaksanakan Patroli mendatangi lokasi kejadian(TKP) dan mengamankan pelaku begal motor tersebut dari amukan warga, lalu memboyongnya ke Mapolsek Perbaungan. Dari hasil pemeriksaan sementara pelaku yang melakukan aksinya di Desa Sei Buluh wilayah hukum Polsek Teluk Mengkudu. Tersangka pun dijemput personil Polsek Teluk Mengkudu untuk menjalani proses hukum. Kapolres Sergai AKBP Nicolas Ary Lilipaly melalui Kapolsek Teluk Mengkudu AKP Lindung Marpaung membenarkan kejadian penangkapan pencurian dengan Kekerasan yang dilakukan tersangka Arlian Chandra. “ Pelaku bersama barang bukti sepeda motor Yamaha Mio sudah kita amankan, saat ini tersangka masih kita lakukan pemeriksaan guna proses hukum selanjutnya,” ungkap Kapolsek. (sugi/nas)

Walikota Tanjungbalai Apresiasi Atlit Inkanas Tanjungbalai| Jurnal Asia Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH memberikan Apresiasi kepada para Atlet Inkanas (Institut Karate-Do Nasional) yang berhasil meraih 3 medali pada Kejuaraan SUNGGAL CUP IV di medan pada 3-4 maret lalu. Apresiasi itu disampaikan Walikota usai bertemu langsung para atlit di aula kantor Partai Golkar Jalan Gaharu Fatuk Bandar, kemarin. Keterangan dihimpun, Inkanas Tanjungbalai mengirimkan 21 atlit, 1 manager dan 2 pelatih dengaan restasi yang didapat yakni 2 medali emas melalui Putri YASMI juara I kata junior perorangan

putri dan juara I kumite junior 59 kg putri, Raisa Amalia Lubis meraih medali perunggu juara 3 kumite prapemula 30 kg putri. Walikota mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih apa atlit kebanggaanTanjungbalai. “Kalian telah ikut mendukung visi misi Walikota dan Wakil Walikota Tanjungbalai Berprestasi dan semoga apa yang diraih saat ini atlet karate kami sekalian dapat terus meningkatkan prestasinya jangan cepat puas, terus berlatih dan berlatih sehingga nanti dapat semakin matang dan mampu meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,”katanya. (sad/adisastra)

TULIP A, B, C; LAVENDER A, B, C; JASMINE A, C, D; ANGGREK A, B, C KOSONG

Harga Iklan Untuk Berita Duka Cita, Turut Berduka Cita dan Ucapan Selamat (Hitam Putih):

Ukuran : 1 halaman Rp. 2.592.000 | 1/2 halaman Rp. 1.296.000 | 1/4 halaman Rp. 648.000 | 1/8 halaman Rp. 324.000 Informasi pemesanan iklan dan penawaran khusus selama masa promosi, silahkan hubungi Ichandra: 0811 6398 989

DIABADIKAN. Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH berfoto bersama para atlit Inkanas yang berhasil meraih prestasi.


16

SelaSa 13 Maret 2018

SUMBAGUT

Puskesmas Sergai Diminta Tingkatkan Kinerja Sei Rampah | Jurnal Asia Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman, kemarin, menutup kegiatan Pelatihan Pendampingan Akreditasi Puskesmas se Sergai Tahun 2018 di Gedung UPT Pelkes Sumut Medan. “Akreditasi adalah pengakuan eksternal yang diberikan oleh lembaga independen terhadap Puskesmas yang mampu memberikan pelayanan bermutu kepada masyarakat dengan memenuhi syarat-syarat tertentu,”katanya. Soekirman mencontohkan, pola masyarakat saat setiap orang sakit lebih sering disarankan berobat ke luar negeri seperti ke Penang ketimbang berobat di dalam negeri. Sementara sebenarnya standar kesehatan di luar negeri setidaknya sama dengan dalam negeri, yang membedakan hanyalah pengakuan eksternal seperti halnya akreditasi. “Mari rebut pengakuan eksternal tersebut khususnya masyarakat Sergai dan kegiatan ini menjadi titik balik agar mengubah paradigma masyarakat yang biasanya menyarankan orang untuk berobat ke Penang menjadi menyarankan berobat ke Puskesmas Tanjung Beringin,” ajak Bupati yang disambut tepuk tangan riuh dari peserta. Bupati yakin dengan kebersamaan dan kemauan belajar menjadi tenaga kesehatan yang profesional dan terakreditasi agar mendapatkan pengakuan dari masyarakat. “Oleh karenanya saya meminta kepada para Kepala Puskesmas tingkatkan semangat juang juga keikhlasan agar

bekerja tidak merasa tertekan dan menjalaninya dengan senang dan ikhlas hati,”pungkasnya. Sebelumnya Kadis Kesehatan Sergai menyampaikan Kegiatan Pelatihan Akreditasi Puskesmas ini dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 4 s/d 10 Maret 2017. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan mutu layanan dan keselamatan pasien untuk bisa membuat layanan bermutu pada Puskesmas melalui berbagai proses untuk memenuhi standar mutu layanan. Berkaitan dengan itu diadakanlah pelatihan pendampingan akreditasi bagi 14 Puskesmas yang akan disurvey oleh surveyor akreditasi nasional. Dinkes Sergai telah melakukan pelatihan pendampingan pada 14 Puskesmas yang belum terakreditasi dari 20 Puskesmas, 6 Puskesmas dari antaranya telah disurvey pada tahun 2017 dan 4 Puskesmas telah mendapat pengakuan dari penyelenggara akreditasi FKTP dengan kategori madya yaitu Puskesmas Dolok Merawan, P u s k e s m a s Ta n j u n g B e r i n g i n , Puskesmas Sei Rampah dan Puskesmas Pantai Cermin sedangkan Puskesmas Plus Perbaungan dan Puskesmas Desa PON masih menunggu hasil supervisi team surveyor akreditasi FKTP Kemenkes RI. Sementara itu dr Prima Noveli MM perwakilan fasiliator yang berasal dari Provinsi Sumbar m engungkapkan target Sergai adalah mencapai seluruh Puskesmas Paripurna. Pengakuan tersebut artinya Puskesmas di Sergai

Jurnal Asia | sugi

PIAGAM. Bupati Sergai Ir H Soekirman menyerahkan piagam dan tropi kepada juara masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) Pelatihan Pendampingan Akreditasi Puskesmas di Gedung UPT Pelkes Sumut Medan. nantinya telah mampu memberikan pelayanan kesehatan masyarakat secara baik. “Kami sangat mengapresiasi target tersebut, dan dipesankan kepada tenaga kesehatan untuk selalu bekerja keras serta mengikuti petunjuk dari pelatihan yang telah diterima agar hasilnya sesuai harapan,” paparnya. Sedangkan Kepala UPT Pelkes Sumut Dr Achmad Rifai SKM MM mengungkapkan, rasa kebanggaan dan penghargaan atas ditunjuknya Bapelkes dalam pelaksanaan kegiatan ini, sebagai bukti peran UPT Pelkes

Sumut semakin strategis terutama dalam peningkatan mutu kesehatan masyarakat. Indikator peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Sergai diyakini akan semakin cepat tercapai seiring dengan besarnya dukungan kepala daerah serta tenaga pendukung dari Dinas Kesehatan yang solid, kompak dan prima. “Apabila Kepala Puskesmas telah terakreditasi semua, maka akan terwujud pelayanan kesehatan yang profesional dan bermutu standar nasional.

Nestapa Nazwa Menderita Gizi Buruk Teluk Mengkudu |Jurnal Asia Nazwa Amalia bungsu dari tiga bersaudara pasangan Ismail (29) dan ibunya Nanda Kurnia (29) tidak seceria teman-teman sebayanya. Badannya kurus dan perutnya buncit, warga Dusun II Desa Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) selama 3 tahun 2 bulan harus menjalani perawatan serius karena menderita gizi. Nazwa dari usia 3 bulan sampai sekarang harus terbaring di

tempat tidurnya. “Namun sayangnya dari Pemerintah setempat tidak mengetahui hal ini, padahal jarak tempuh dari kantor Kecamatan Teluk Mengkudu hanya berjarak sekitar 50 meter. Kasihan, padahal warga sini sudah mengetahui semuanya kalau adek Nazwa menderita gizi buruk namun pihak kecamatan maupun Pemerintah Desa tidak mengetahuinya,” kata salah satu tetangga mereka kepada Jurnal

Jurnal Asia | sugi

GIZI BURUK. Nazwa Amalia yang diduga menderita gizi buruk saat digendong ayahnya Ismail di kediamannya.

Asia,kemarin. Senada dikatakan Ismail, orang tua korban saat ditemui mengaku bingung untuk mengatakan hal ini. “Hampir 3,5 tahun anak bungsu saya yang satusatunya wanita yang menderita penyakit yang deritanya tak kunjung sembuh. Sudah kemana-mana kita untuk berobat namun tidak ada kurangnya, baik itu rumah sakit maupun ke orangtuanya,” kata Ismail didampingi istrinya Nanda Kurnia dengan raut wajah sedih. Ditambahkan, awalnya Nazwa sejak lahir dibilang normal tidak ada kelainan, namun di usia tiga bulan baru Nazwa setiap hari dan malam selalu menangis. “Begitu juga kalau masalah makan anak saya tidak mau makan seperti anak lainya sehingga tidak ada pertumbuhan di tubuhnya, dan sekarang ini masih berobat ke rumah sakit dengan menggunakan kartu BPJS dari pihak perkebunan,” ujar Ismail. Hasil pantuan di lokasi, kondisi Nazwa Amalia yang digendong orang tuanya terlihat sangat memprihatinkan, tubuhnya semakin mengecil, Nazwa yang biasanya sudah bermain-main, kini hanya terbaring di tempat tidurnya. Kedua orang tuanya hanya bisa pasrah melihat kondisi anaknya yang sehari-harinya merawatnya tanpa ada belas kasihan dari Pemerintah setempat, khususnya Pemerintah Kabupaten Sergai. (sugi/nas)

Selain itu, dalam rangka mendukung pelayanan kesehatan yang prima tersebut, saya himbau agar kita bangun sistem SDM kita upgrade serta standar kualitas alat kesehatan yang harus diperhatikan dan diutamakan,” kata Achmad Rifai. Acara diisi dengan penandatanganan penggalangan komitmen dalam rangka peningkatan dan mutu Puskesmas di Kabupaten Sergai serta penyerahan piagam dan tropi kepada juara masingmasing kelompok kerja (Pokja) Pelatihan Pendampingan Akreditasi Puskesmas. (sugi/nas)

Bupati Resmikan MTs AW Padang Matinggi Rantauprapat|Jurnal Asia Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap Senin (12/3) meresmikan gedung b a r u M Ts A l - W a s h l i y a h (AW) di Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara. Turut hadir dalam peresmian tersebut, Asisten III Administrasi Umum, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kantor Kemenag, Ketua MUI Labuhanbatu, Pengurus PD Al-Washliyah. Sebelum diresmikan, Ketua Panitia Ir Marwan Efendi Siregar membacakan sejarah singkat pembanguam gedung baru itu. Menurut dia, sekolah itu sebelumnya terbakar pada 06 Maret 2017. Setelah itu dengan dana yang berasal dari bantuan hibah Pemkab Labuhanbatu sebesar Rp 200 juta, serta bantuan para donatur berupa bahan-bahan bangunan, antara lain dari Kapolres dan Dandim 0209/LB serta unsur masyarakat. “Dengan bantuan itu, kini telah dibangun gedung baru sebanyak 5 ruang terdiri dari ruang belajar, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang

tata usaha, rumah jaga dan toilet,” katanya. Kepala Mts AW Padang Matinggi Barani Pane mengucapkan terimakasih kepada Bupati Labuhanbatu atas terbangunnya gedung baru.”Selain membangun gedung, Bupati juga membantu pengadaan moubiler,” ujarnya. Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap berharap sekolah tersebut menjadi tempat pilihan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya. Ia juga berharap agar kualitas proses belajar mengajar di sekolah itu ditingkatkan. “Peningkatan kualitas belajar mengajar agar lebih ditingkatkan, supaya sekolah be na r - b e nar pr of e s i o nal sehingga memiliki daya saing yang berkualitas dan pada akhirnya menjadi pilihan masyarakat,” pintanya. Di akhir kegiatan, Bupati Labuhanbatu menyerahkan bingkisan sebagai tanda ucapan terimakasih kepada pemberi wakaf lahan sekolah dilanjutkan dengan pengguntingan pita sebagai tanda dioperasikannya gedung baru tersebut. (robet/nas)


SelaSa 13 Maret 2018

17

SUMBAGUT

Pemkab Sergai Gelar Pelatihan Aplikasi e-SAKIP

Jurnal Asia | sugi/imbang

SAMBUTAN. Bupati Sergai Ir H Soekirman memberikan sambutan pada acara Pembukaan Pelatihan Implementasi Aplikasi e-Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Tahun 2018 bertempat di Aula Wing Hotel Kuala Namu.

Terkesan Terisolir

Sejumlah Jalan di Desa Deliserdang Belum Tersentuh Aspal Medan | Jurnal Asia Kalangan masyarakat mengeluhkan masih adanya sejumlah desa di Kabupaten Deliserdang belum tersentuh pembangunan atau aspal jalan. Sehingga membuat membuat desa tersebut terkesan terisolir dan merasa ‘dianak tirikan’ oleh pemerintah. “Lokasinya ada di Pasar 2 Desa Klumpang Kebon Kecamatan Hamparan Perak, hingga kini samasekali belum pernah terjamah pembangunan aspal. Untuk itu kita sangat berharap kepada anggota dewan kebanggaan kita, bapak Wagirin Arman agar memperjuangkan impian masyarakat desa tersebut,” kata seorang tokoh masyarakat Deliserdang, Selamet Riyanto, SPd dihadapan Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman pada kegiatan reses tahun sidang ke 4 di Lapangan Pasar I Umum Palapa, Dusun XVIII Desa Klambir V Kebon Kecamatan Hamparan Perak, Deliserdang, Jumat malam (9/3) Reses dihadiri sekitar 300 warga tersebut juga dihadiri dua Anggota DPRD Deliserdang dari Fraksi Partai Golkar yakni, H Jasa Wardani Ginting dan Siswoyo Adi Suwito, Sekcam Hamparan Perak, Kepala Desa dan Kepala Dusun se Kecamatan Hamparan Perak, tokoh masyarakat, agama dan pemuda serta ratusan kader Golkar dan ormas MKGR se Kabupaten

Deliserdang. Selamet Riyanto juga berharap kepada Pemkab Deliserdang dan Pemprovsu agar menambah jumlah sekolah negeri tingkat SLTP dan SLTA. “Begitu juga harapan para guru di kabupaten Deliserdang khususnya guru SD berharap kepada pemerintah agar menyalurkan buku-buku pelajaran ke sekolah-sekolah,” katanya. Selain itu, lanjut Selamet, warga juga minta pemerintah agar menyediakan lahan pekuburan muslim di kawasan Hamparan Perak. Ketua DPRD Sumut yang juga putera daerah Klambir V, Wagirin Arman mengaku kaget mendengar informasi warga soal masih adanya desa yang belum tersentuh pembangunan aspal jalan. “Dalam waktu dekat saya akan segera memanggil Bupati dan Gubernur Sumatera Utara langsung ke kantor saya. Saya akan pertanyakan mengapa hal ini dibiarkan terjadi, sebab masih di wilayah dekat dengan administrasi pemerintahan saja luput dari perhatian, belum lagi di lokasi sulit terjangkau,” kata Wagirin wakil rakyat asal pemilihan Sumut III Kabupaten Deliserdang ini. Begitu juga soal usulan penambahan gedung sekolah negeri SLTP maupun SLTA, Wagirin mengakui bahwa jumlah siswa di kabupaten khususnya kawasan Hamparan Perak terus terjadi peningkatan mengakibatkan banyak

siswa tidak tertampung di sekolah negeri. “Meskipun ada sejumlah sekolah swasta, namun warga lebih berkenan masuk negeri karena kemungkinan soal biayanya yang lebih murah dan diakui,” sebutnya. Wagirin juga menegaskan dirinya akan segera menyampaikan keluhan warga soal masih terjadinya banjir akibat bendungan dibangun PTPN II langsung ke direktur umumnya. Dia juga mengajak kalangan masyarakat Deliserdang agar melaporkan langsung ke dirinya jika ada mengetahui dan melihat langsung terjadinya transaksi peredaran dan pemakaian narkoba. “Bagi siapa saja masyarakat yang menginformasikan adanya pengecer di Tanjung Gusta, Hamparan Perak, Klambir Lima dan Sunggal langsung bisikkan ke saya dan akan langsung saya kasih uang 500 ribu rupiah, biar selanjutnya kita proses ke BNN dan polisi. Begitu laporan tersebut benar dan pelakunya ditangkap, maka akan kita kasih lagi 500 ribu rupiah dari kantong pribadi saya,” kata Wagirin. Pada pelaksanaan reses bertepatan dengan peringatan hari kelahirannya, Wagirin secara pribadi juga menyerahkan sembako beras kepada seratusan kaum dhuafa dan anak yatim di kawasan Hamparan Perak serta menyerahkan bantuan bola kaki dan volly kepada warga. (isvan/nas)

Sei Rampah | Jurnal Asia Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Pelatihan Implementasi Aplikasi e-Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Tahun 2018 di Aula Wing Hotel Kuala Namu, Sabtu (10/3). Acara dibuka Bupati Sergai Ir H Soekirman, turut dihadiri Sekdakab Drs Hadi Winarno MM, Asisten Administrasi Umum H Karno SH, MAP, para Kepala OPD, Camat, narasumber dari Bappeda Litbang Kota Bandung Drs Muhammad Yudi Mulyana MSi, serta para Kasubbag Perencanaan dan Akuntabilitas OPD di Lingkungan Pemkab Sergai. Bupati Sergai Ir H Soekirman menyambut baik kegiatan ini. Dikatakannya bahwa pada waktu berkunjung ke Kemenpan RB beberapa waktu yang lalu, ada 3 (tiga) hal yang harus dilaksanakan Pemkab Sergai agar kualitas SAKIP meningkat dari B menjadi BB, yaitu penggunaan aplikasi IT dalam implementasi SAKIP, melakukan Penyusunan Cascading (pembagian) kinerja pada level OPD dan penerapan manajemen kinerja pada OPD. “Kita memerlukan referensi dari Kota Bandung yang telah dianggap baik dalam implementasi SAKIP-nya oleh Kemenpan RB melalui pemanfaatan aplikasi SILAKIP Kota Bandung,”

katanya. Soekirman menyampaikan, selain pendelegasian, ia sangat membutuhkan konsentrasi dalam hal pencapaian target kinerja masing-masing OPD. Disampaikan, Menpan RB lagi ada waktu pertemuan bulan lalu, bahwa semua daerah pada level B, terdapat in-efesiensi anggaran sebesar 30 persen, artinya ada 30% anggaran yang tidak membawa dampak terhadap tujuan yang ingin diraih kabupaten. Oleh karenanya Bupati mengingatkan untuk mencapai target SAKIP pada nilai BB, ego sektoral didalam diri kita harus segera dihilangkan agar tujuan pencapaian kinerja dapat berjalan sesuai harapan. “Kita tidak bisa bekerja sendirisendiri, namun kita butuh cascading dari semua lini. Kami berterima kasih atas bimbingan dari narasumber, kepada peserta yang hadir agar kiranya dapat menyerap ilmu yang diberikan dalam rangka implementasi SAKIP sehingga kita dapat melangkah ada tahapan selanjutnya. “Kepada para Kepala OPD, bahwa kita tidak punya beban terhadap politik, maka konsentrasi terhadap peningkatan kinerja agar bagaimana bisa kita meraih nilai BB atau yang lebih baik lagi,” ujar Bupati. (sugi/nas)

Cagubsu Djarot ke Tanjungbalai Tanjungbalai | Jurnal Asia Calon Gubernur Sumetara Utara (Cagubsu) Drs H Djarot Syaiful Hidayat MS melakukan kunjungan silaturrahim ke kantor DPC PDI Perjuangan Kota Tanjungbalai di jalan Gaharu Datuk Bandar, kemarin. Kunjungan itu dirangkai dengan Rapat Kerja Cabang khusus (Rakercabsus) partai berlambang banteng tersebut.”Turut hadir dalam acara itu unsur pengurus DPD PDI Perjuangan Sumut, jajaran pengurus DPC PDIP Tanjungbalai, para ulama diantaranya DR H Thamrin Munthe M Hum, Ustadz H Asmunisyah dan lainnya. Djarot mengatakan, Tanjungbalai merupakan daerah yang sangat strategis dan terdepan di Sumut, karena behadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia. “Tentuya, kondisi Tanjungbalai yang kini terlihat kurang nyaman sangat perlu dibangun agar jangan sampai tertinggal dengan negara tetangga,” katanya. Menurut Djarot, kalau dulu banyak

orang mengatakan “Sumut akronim dari Semua Urusan Melalui Uang Tunai” akan tetapi dengan kehadiran pasangan Djarot-Sihar Sumut akan berobah warga dan menjadikan Sumut artinya “Semua Urusan Mudah dan Transparan”. “Hal ini sangat sejalan, bahwa sampai saat ini kalangan warga Sumut sangat mendambakan terjadinya perobahan ke arah yang lebih baik sesuai dengan strategisnya wilayah Sumut yang sangat berdekatan dengan sejumlah negara luar seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan lainnya. Saya akan menjadi solusi mengatasi berbagai persoalan yang dialami Sumut saat ini.” ucapnya. Kunjungan silaturrahim tersebut dilakukan Djarot dengan mendatangi sejumlah tokoh dan warga masyarakat Tanjungbalai dengan menumpangi becak bermotor (betor) bersama jajaran pengurus PDI-P dan para relawan serta Ketua DPC Partai Berkarya Tahan Sitorus Mpd. (sad/adisastra/nas)

Walikota Solok dan Jajaran Komit Tingkatkan Kinerja Solok | Jurnal Asia Komitmen dalam bekerja adalah suatu hal yang patut dilaksanakan karena keseriusan dalam bekerja berdasarkan komitmen yang ada. Guna meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Solok, Walikota beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menandatangani Perjanjian Kinerja Tahun 2018. Penandatanganan dilangsungkan di Lobby Lantai 2 Balaikota Solok, Senin (12/3). Wakil Walikota Solok Reinier dan Sekretaris Daerah Rusdianto SIP MM menandampingi walikota dalam penandatanganan

itu. walikota menyampaikan rasa kekecewaannya kepada seluruh Kepala OPD karena masih ada yang menjadikan Perjanjian Kinerja yang ditanda tangani setiap tahun hanya sekedar seremonial belaka. “Kalau hanya sebatas seremonial saja, tidak perlulah ada penandatangan kinerja. Saya inginkan bukti dan itu hanya bisa terlihat dari keseriusan bapak-ibu yang diamanahkan sebagai Kepala OPD”, ungkap Wako. “Penandatangan hari ini sebagai bentuk komitmen kita bersama termasuk saya sebagai Walikota yang memberi amanah”, pungkasnya.

Walikota tidak menampik hasil evaluasi kinerja telah mendapat nilai B (Baik), tapi bukan berarti berhenti di situ. “Seyogyanya nilai yang dicapai juga berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang dibarengi peningkatan kinerja Kepala OPD secara berjenjang seluruh pejabat di OPD masing-masing”, jelas Wako. “Saya minta melalui sekda untuk dapat selalu mengawal pelaksanaan kinerja yang telah ditetapkan dan ditandatangani hari ini”, tegasnya. (eli/nas)

Jurnal Asia | Eli

KOMITMEN KERJA. Walikota Solokbeserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menandatangani komitmen Perjanjian Kinerja Tahun 2018.


18

SelaSa 13 Maret 2018

SUMBAGUT

Warga Transad Ampangkualo Temukan Mayat Dalam Karung

Jurnal Asia | yose

PURNA BAKTI. Walikota Solok Zul Elian saat memimpin apel HUT ke 99 Pemadam Kebakaran Tahun 2018 sekaligus melepas 3 orang personil Damkar yang purna bakti.

Pensiun Bukan Akhir Pengabdian Solok | Jurnal Asia Pensiun bukan akhir dari sebuah pengabdian, melainkan awal dari pengabdian yang lain. Hal itu dikatakan Walikota Solok Zul Elian saat memimpin apel HUT ke 99 Pemadam Kebakaran Tahun 2018 sekaligus melepas 3 orang personil Damkar yang purna bakti. Acara tersebut berlangsung di halaman Balaikota Solok, Senin (12/3). Turut hadir Wakil Walikota Solok Reinier, Sekretaris Daerah Rusdianto SIP MM dan seluruh Kepala OPD.

Acara dirangkai dengan pembukaan bimbingan teknis bagi personil dan relawan damkar. Walikota solok H Zulelian dalam arahannya menyampaikan, apresiasi atas dedikasi personil Damkar dalam bertugas. “Selamat kepada seluruh personil damkar dan relawan, juga terimakasih dan penghargaan saya sampaikan atas nama Pemerintah Kota dan masyarakat atas dedikasinya dalam pelaksanaan tugas dan bhaktinya yang tidak semua kita yang bisa seperti

Anda”, ungkap Zulelian “Kepada rekan-rekan yang sampai di akhir pengabdiannya sebagai ASN yang berada di Damkar, saya ucapkan terimakasih dan selamat, karena ibarat berlayar rekan-rekan telah sampai di pelabuhan yang dituju dan setelah ini akan melanjutkan pengabdian di tempat yang berbeda”, kata Zul Elian. Kepada personil damkar, Wako juga berpesan untuk tetap menjaga dedikasi, korsa karena apa yang diemban sekarang sangatlah mulia. (yose/nas)

Solok | Jurnal Asia Warga Jalan Destamar IV RT 03 RW 06, Kawasan Transad, Ampang Kualo, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, digegerkan dengan ditemukannya sesosok mayat di dalam septic tank dan terbungkus dalam karung plastik, Minggu (11/3). Mayat yang diidentifikasi bernama Pariyatin (42) tersebut, saat ditemukan kondisi kepala remuk dan penuh darah. Diduga korban sudah tewas sekitar dua hari sebelumnya. Korban merupakan warga Desa Wisma Kenanga II No19, RT II, RW VI, Ampang Kualo, Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok. Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. Di TKP, Polres Solok Kota menerjunkan Tim Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identiication System (Inais) serta personel dari Polsek Kota Solok. “Kita sudah meminta keterangan sejumlah saksi di sekitar lokasi. Saat ini kita sedang melakukan pengembangan kasus ini. Terutama terkait motif pelaku menghabisi nyawa korban,” ujarnya. Di Tempat Kejadian Perkara (TKP), Dony Setiawan bersama Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak dan Kasat Reskrim AKP Zamri Elfino, melakukan pencarian barang bukti dan penggeledahan rumah di dekat penemuan jasad. Dalam pencarian tersebut, ditemukan sejumlah barang bukti

seperti kain dengan bercak darah yang terkubur di tanah samping septic tank. Sekitar 15 meter dari tempat penemuan mayat, juga ditemukan pakaian berlumur darah. Di titik penemuan itu, juga ditemukan sejumlah ranting kayu yang patah. “Diduga, antara pelaku dan korban sempat terjadi pergumulan dan perkelahian. Namun mitu akan kita pastikan dengan hasil pemeriksaan nantinya,” ujarnya. Penemuan jasad korban berawal sekira pukul 11.00 WIB, saksi RK membersihkan pohon pisang dekat septic tank di belakang rumahnya. Saat itu, RK melihat ada bekas galian tanah di atas septic tank. Merasa janggal, RK kemudian bertanya kepada bapaknya, apakah ada menggali cacing dekat septic tank tersebut. Bapaknya menjawab tidak ada. RK kemudian menelpon kakaknya dan menyatakan ada yang mencurigakan di belakang rumahnya. Tak lama kemudian, dua kakak RK tiba di lokasi. Mereka kemudian menelepon tokoh masyarakat setempat, SK dan kemudian menghubungi Ketua RT dan polisi. Tak lama berselang, personel Polres Solok Kota tiba di lokasi dan melakukan olah TKP dan memasang police line (garis polisi). Istri korban, SS (41) di RSU Solok meyakini dan memastikan korban tersebut adalah suaminya. SS menyatakan suaminya sudah 2 hari tidak pulang, sejak Jumat 9 Maret lalu. (eli/nas)

Panwascam Bahorok Wujudkan Pilkada Damai Langkat | Jurnal Asia Rapat Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Bahorok, Senin (12/3) menyepakati Pilkada serentak damai dan bermartabat. Hal demikian tercetus dikala Irwan Sentosa Tarigan divisi Penindakan Pelanggaran Panwascam memaparkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 4 tahun 2017 tentang kampanye. Selanjutnya diuraikan Peraturan Badan Pengawas Pemilu ( Perbawaslu) No12 tahun 2017 tentang Pengawasan Kampanye. Kata Tarigan, PKPU telah mengatur lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Zona dan jadwal

juga telah ditetapkan KPU diminta tim kampanye dan relawan mematuhi sehingga tercipta Pilkada damai. M Bahagia Ginting mewakili tim kampanye pasangan calon (Paslon) nomor urut 1, Terbit Rencana PA dengan H Syah Afandin SH mebyambut baik dan sepakat berkordinasi dengan Panwas agar proses kampanye berjalan sesuai aturan. Bayu Syah Putra tim Kampanye Paslon nomor urut 2, Rudi Hartono Bangun dengan Budiono menambahkan sebelumnya belum mendapat jadwal serta tahapan kampanye. Didampingi rekannya Sudi Narta Tarigan ditegaskan Bayu, koalisi

Jurnal Asia | menanti ginting

CAMAT Bahorok, Nuryansyah Putra, Danramil 06 Kapten Infantri Joni Siagian, Ketua Panwascam Menanti Ginting serta kedua tim paslon, Aiptu Budi Aprianto diabadikan usai rapat.

partai akan senantiasa komit dengan keputusan rapat panwascam sesuai ketentuan Pilkada. Sebelumnya camat Bahorok, Nuryansyah Putra S STP MSI dalam arahannya mengatakan sesama tim kampanye layaknya memahami dan mematuhi aturan pilkada. “Jalin kordinasi yang baik dan wujudkan pilkada yang lebih demokratis dan bermartabat,” ujarnya. Danramil 06, Kapten Inf Joni Siagian mengatakan jaga kekondusipan sehingga terjalin situasi Pilkada sejuk sesuai harapan. Bersaing secara sehat wujud pendewasaan berpolitik yang lebih baik. “TNI memback-up keamanan senantiasa berkordinasi dengan Polri dan Panwas,” tegasnya. Aiptu Budi Aprianto mewakili Kapolsek berharap kedua tim paslon saling menjaga keharmonisan yang ber-etika di lapangan. “Hindari kampanye yang bisa menimbulkan ketersinggungan sehingga pilkada sukses tanpa adanya konlik,” tegasnya. Kedua tim kampanye sepakat saling menjalin kerja sama dan mengarahkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang saat ini terpasang di luar lokasi yang ditentukan KPU. Kedua tim juga memohon waktu 10 hari kedepan sebelum dilakukan pembersihan secara bersama. (menanti ginting/nas)

Jurnal Asia | eli

KORBAN PEMBUNUHAN. Mayat Pariyatin diduga korban pembunuhan di RSUD Solok.

Menteri Kemaritiman Tinjau Ring Road Samosir Pangururan | Jurnal Asia Koordinator Kemaritiman Choki Siahaan, Harmy Marpaung didampingi Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM meninjau jalan lingkar Kabupaten Samosir di kawasan Danau Toba yang menghubungkan 7 kabupaten yang berada di daratan Sumatera di tepian Danau Toba. Outer ringroad Danau Toba adalah jalan yang menghubungkan Sabulan, Tamba, Harian, Hasinggaan Bonandolok (Kabupaten Samosir) – S i l a l a h i ( D a i r i ) - To n g g i n g (TanahKaro)- Parapat (Simalungun), Balige (Tobasa) - Muara (Tapanuli Utara) - Bakkara(Humbang

Hasundutan), Janjiraja, Holbung, sepanjang 140 km. Rombongan kemaritiman melihat jauh dekat pembangunan peningkatan jalan Harian menuju Sabulan Janji Maria perbatasan kabupaten Samosir dengan Kabupaten Humbahas. Usai meninjau outer ring road Danau Toba, Koordinator Kemaritiman Chok Siahaan, Harmy Marpaung, dan Bupati Drs Rapidin Simbolon MM mengunjungi objek wisata menara pandang Tele, gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba di Sigulatti Kecamatan Sianjur Mulamula. (ester/nas)


SELASA 13 MARET 2018

19

Info Serba-SerbI

Lima Cara Mudah Menghilangkan racun rokok ANEKA jenis rokok dengan beragam bentuknya bisa jadi sangat berbahaya bagi tubuh. Bukan hanya bagi si perokok aktif, tapi juga orang yang menghirup asapnya. Kebiasaan buruk ini, jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya bahkan bisa berujung kematian! Maka dari itu, sebagai langkah awal, Anda harus melakukan kebiasaan sehat yang dapat membantu mengurangi pengaruh buruk nikotin dan tar terhadap tubuh, seperti yang dilansir dari Aspenvalleyvapes, Senin (12/3) berikut ini: Bayam dilengkapi dengan asam folat dan vitamin. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A dan

PURBA MULTIROOF Spesialis Atap dan Baja Ringan

Menyediakan : - Genteng metal, Atap Spandek panjang/Lengkung. - Besi C/Truss, Reng (zincalume) Jl.Gaperta Ujung No.80-A Medan

Hubungi : 081362321899 081265237863 081262861028 N.B : Menerima pemasangan baru dan bongkar pasang atap (Rumah tinggal, pabrik, sekolah, kantor, dsan gedung lainnya).

Jl. Gatot Subroto No. 317/236 A Tel. (061) 453 9685 - 453 9684 (Depan Jl. PWS) - Medan. Terima Tempahan Canopy, Folding Gate, Pintu Plat Besi, Aluminium, Kaca dan Stainless Steel.

WASHTAFEL PVC

PINTU PRESS

ROLLING DOOR

FOLDING GATE

UPVC

CIN BOY 0853 6022 3003

lavonoid yang diketahui dapat membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru. Sayuran ini juga kaya zat besi, yang dibutuhkan tubuh untuk membawa oksigen dari paruparu ke seluruh tubuh Anda. Free Radical Biology & Medicine melakukan

penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi sodium nitrat setara yang ditemukan pada 100-300 g bayam selama 2 hari secara dapat meningkatkan fungsi paru-paru secara signiikan. 1. Banyak minum air putih Pastikan Anda selalu minum air putih, karena saat merokok tubuh akan menjadi dehidrasi. Air juga akan membantu

membersihkan tubuh Anda dari nikotin. Ketika Anda rajin minum air, paru-paru juga akan menjadi lembab dan dapat kembali berfungsi dengan lebih baik. 2. Makan bawang Bawang memiliki manfaat yang luar biasa untuk paru-paru Anda. Mengonsumsinya akan membuat paru-paru menjadi lebih bersih. Hal ini juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker baru lho! Bawang juga mengandung anthocyanin atau antioksidan yang ditemukan pada pigmen yang memberi warna bawang merah. Sistein asam amino yang mengandung belerang

Info Beriklan : (061) 663 5 664

Iklan Ekonomis 20mm/Kolom Rp. 20.000,40mm/Kolom Rp. 40.000,60mm/Kolom Rp. 60.000,80mm/Kolom Rp. 80.000,-

membuat bawang berguna dalam pencegahan dan pengobatan infeksi pernapasan. 3. Mengonsumsi jeruk Jeruk mengandung cyrptoxanthin, yang dapat membantu mencegah kanker paru-paru. Jeruk juga kaya vitamin C yang membantu paru-paru Anda secara efektif mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jeruk juga mengandung karotenoid, yang merupakan pigmen antioksidan oranye. Karotenoid ditemukan pada buah dan sayuran yang ditandai dengan warna oranye dan merah. Antioksidan ini membantu mengurangi risiko kanker paru-paru. Kulit jeruk dapat meringankan gangguan pernapasan. Hal ini juga berfungsi sebagai pembersih dan juga membantu mencegah penyumbatan pada paru. (oz/van)


20

sElasa 13 marEt 2018

SAINS

Seperti “Test Pack”

Peneliti LIPI Kembangkan Alat Deteksi Kanker Siti Nurul Aisiyah Jenie, Peneliti Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), tengah mengembangkan tes deteksi dini kanker. Ide tersebut tercetus lantaran Ais, sapaan akrabnya, melihat kanker merupakan penyakit yang menjadi beban masyarakat, terutama perempuan. Kasus kanker diperkirakan meningkat hingga 70 persen hingga tahun 2030. Kanker adalah penyebab kematian kedua terbesar setelah penyakit jantung di negara berkembang, menurut data WHO pada 2003. Lalu, sebanyak 33 persen dari pasien yang terdiagnosis kanker sudah berada pada stadium III. Inilah yang melatari gagasan perempuan alumnus Universitas South, Australia, tersebut untuk merumuskan aplikasi bioimaging optik yang sensitif dan selektif terhadap sel kanker,

terutama kanker serviks dan kanker payudara yang merenggut banyak nyawa perempuan. Berkat ide tersebut, dia pun menyabet perhargaan L’OREALUNESCO For Women in Science National Fellowship Awards 2017 untuk kategori material science. Proposal yang dia ajukan saat itu berjudul Pengembangan Nanopartikel Berluoresens Berbasis Silica Alam Indonesia untuk Bioimaging Optik. Ditemui dalam acara Peringatan Hari Perempuan Internasional di Jakarta, pada Kamis lalu, Ais menjelaskan bahwa masyarakat nantinya akan bisa melakukan deteksi awal kanker dengan alat ini sebelum menjalani pemeriksaan di laboratorium kesehatan. Hasilnya kemudian bisa ditunjukkan ke petugas medis untuk diberi tindakan lanjutan.

Kini, Ais tengah menguji sensitivitas material silika yang ia pergunakan untuk alat tes kanker sedari dini. Silika tersebut tersintesis hingga menjadi nanopartikel dan diubah menjadi bersifat luoresens (bercahaya). Kemudian, Ais berencana menguji selektivitas marker dari kanker. “Ketika di tes di badan prinsipnya on-of gitu. Apabila ditaruh pada tubuh orang terkena kanker, dia akan menyala. Lalu kalau tidak glowing, tidak ada sel kanker berarti,” ujarnya.

Kamera Generasi Mendatang Bisa Menembus Tembok anda mungkin sangat puas dengan teknologi kamera di telepon pintar terbaru Anda yang bisa mengenali wajah Anda dan mengambil video gerak lambat dengan deinisi ultra-tinggi. Padahal capaian-capaian teknologi ini baru awal dari sebuah revolusi besar yang sedang berlangsung. Riset kamera terakhir sedang bergeser dari peningkatan jumlah mega piksel menuju perpaduan data kamera dengan pemrosesan komputasi. Yang kami maksud di sini bukanlah gaya pemrosesan Photoshop, ketika efek dan ilter ditambahkan pada sebuah gambar, melainkan sebuah pendekatan baru radikal saat data yang masuk bisa jadi sama sekali tidak tampak sebagai sebuah gambar. Data itu baru menjadi sebuah gambar setelah melalui serangkaian langkah komputasi yang sering kali melibatkan matematika yang kompleks dan pemodelan bagaimana cahaya bergerak melewati objek atau kamera. Lapisan tambahan pemrosesan komputasi ini dengan ajaibnya membebaskan kita dari rangkaian teknik pencitraan konvensional. Suatu saat nanti mungkin kita bahkan tidak membutuhkan lagi kamera dalam pengertian konvensional. Kita justru akan menggunakan sesuatu yang beberapa tahun lalu tidak terpikirkan gunanya dalam pembuatan gambar: detektor cahaya. Detektor cahaya ini akan melakukan hal-hal luar biasa seperti melihat dengan menembus kabut, apa yang ada dalam tubuh manusia, bahkan di balik tembok. Kamera Piksel tunggal Salah satu contoh ekstremnya adalah kamera piksel tunggal yang bertumpu pada sebuah prinsip sangat sederhana. Pada umumnya kamera menggunakan banyak piksel (unsur sensor titik terkecil) untuk menangkap sebuah objek yang mungkin diterangi oleh sumber cahaya tunggal. Tapi Anda bisa melakukan itu dengan cara sebaliknya, menangkap informasi dari

banyak sumber cahaya dengan sebuah piksel tunggal. Untuk melakukan cara ini Anda memerlukan sebuah sumber cahaya terkontrol, misalnya saja sebuah proyektor data sederhana yang menerangi objek pada satu titik dalam satu waktu atau dengan serangkaian pola yang berbeda. Untuk setiap titik atau pola pencahayaan, Anda mengukur jumlah cahaya yang terpantul dan menggabungkan semuanya untuk menciptakan gambar inal. Kekurangan dalam mengambil foto dengan cara ini adalah, tentu saja, Anda harus mengirim banyak sekali titik atau pola pencahayaan untuk menghasilkan satu gambar (yang cuma membutuhkan satu jepretan dengan kamera biasa). Tapi bentuk pembuatan gambar ini memungkinkan Anda menciptakan kamera yang mustahil dengan cara lain, misalnya kamera yang bekerja dalam panjang gelombang di luar spektrum kasat mata, saat detektor yang bagus tidak bisa digunakan untuk kamera. Kamera ini bisa digunakan untuk mengambil foto menembus kabut atau salju tebal yang berjatuhan, atau bisa meniru mata beberapa hewan dan secara otomatis meningkatkan resolusi gambar (jumlah detail yang ditangkapnya) tergantung pada apa yang ada pada objek. Bahkan dimungkinkan menangkap gambar dari partikel-partikel cahaya yang bahkan

tidak pernah berinteraksi dengan objek yang ingin kita foto. Metode ini memanfaatkan ide tentang “belitan kuantum” (quantum entanglement), yakni dua partikel bisa dihubungkan dengan suatu cara yang menyebabkan apa pun yang terjadi pada satu partikel terjadi juga pada partikel lainnya, sekalipun keduanya terpisah jauh. Ini membawa kemungkinan menarik untuk melihat objek yang perangkatnya bisa berubah ketika diterangi, seperti halnya mata. Misalnya, apakah retina tampak sama saat dalam kegelapan seperti dalam terang cahaya? Pencitraan Multi-sensor Pencitraan piksel-tunggal hanya salah satu inovasi paling sederhana dalam teknologi kamera yang akan datang dan bertumpu, dilihat sekilas, pada konsep tradisional tentang apa yang membentuk sebuah gambar. Sekarang ini kita sedang menyaksikan pasangnya gelombang minat terhadap sistem-sistem yang menggunakan banyak informasi yang hanya sedikit dihimpun oleh teknik-teknik tradisional. Di sinilah kita bisa menggunakan pendekatan-pendekatan multi-sensor yang melibatkan banyak detektor berbeda yang menunjuk pada objek yang sama. Teleskop Hubble adalah contoh pelopor dalam memproduksi gambar yang dibuat dari kombinasi banyak citra berbeda yang diambil pada panjang gelombang yang juga berbeda. (ngc/hut)

Kelak, dia menginginkan alat temuannya itu berbentuk seperti test pack (tes kehamilan). Alat tersebut, harapannya, dapat dengan mudah dijumpai di pasaran seperti apotek

atau toko obat terdekat. “Jadi bisa dipakai orang medis dan non-medis. Targetnya sih untuk orang non-medis. Bentuknya dibikin seperti test pack,” ujarnya. (ngc/hut)

Siap Mengancam Planet Mars

Tesla, Mobil Berisi Segudang Bakteri Bumi Pada saat ini, Tesla Roadster tengah meluncur menuju Mars di dalam roket Falcon Heavy. Namun selain manekin Starman, mobil ini juga sedang membawa penumpang gelap yang bisa mengancam lingkungan Mars: bakteri bumi. Para pakar di Purdue University mengatakan dalam siaran pers bahwa biasanya, wahana antariksa yang akan mendarat di planet asing harus dibersihkan dari semua bakteri ketika meninggalkan bumi. Hal ini telah diatur dalam regulasi oleh Oice of Planetary Protection NASA. Akan tetapi, Roadster yang rencananya tidak mendarat di Mars tidak melalui proses ini dan kini menjadi koleksi mikroba terbesar yang pernah diluncurkan ke luar angkasa oleh bumi. Bahkan, kalaupun para teknisi telah meradiasi bagian luar mobil untuk membunuh mikroba, mesin Roadster masih terkontaminasi oleh bakteri karena tidak dirakit dan diproduksi di lingkungan yang steril. Lalu, meskipun kondisi di luar angkasa sangat tidak bersahabat karena radiasi, tekanan yang rendah dan temperatur yang ekstrem; bakteri bisa bertahan hidup dalam kondisi tidur. Jika kondisinya kembali sesuai, misalnya di planet asing, bakteri-bakteri ini bisa bangkit kembali. Alina Alexeenko, profesor kedirgantaraan di Purdue University, mengatakan, bakteri di Tesla bisa dianggap ancaman biologis, atau salinan kehidupan di bumi. “Jika ada biota asli Mars, maka biota ini berisiko terkontaminasi oleh kehidupan bumi,” ujar Jay Melosh, profesor sains bumi, atmosfer, dan sistem planet di Purdue University. “Apakah organisme bumi akan beradaptasi dan mengambil alih Mars hingga kita tidak akan lagi mengenai kehidupan asli Mars, atau mereka akan dikalahkan oleh organisme Mars? Kita tidak tahu,” imbuhnya. Sejauh ini, kemungkinan mobil Tesla untuk menabrak planet sangat kecil. Menurut para peneliti University of Toronto, kemungkinannya untuk menabrak bumi atau Venus dalam 1 juta tahun lagi hanya enam persen. Akan tetapi, tidak ada yang tahu berapa lama bakteri bisa bertahan dan kemungkinan ancaman biologis ini masih ada bagi semua planet yang dilalui roket Falcon Heavy. (ngc/hut)


SelaSa 13 maret 2018

21

HIBURAN

Nikita Willy

Bangga Fans Setia Mendukung 10 Tahun Bagi setiap selebriti mempunyai penggemar menjadi kebahagian tersendiri. Seakan dirinya di dunia hiburan semakin diakui. Tak arang, bagi selebriti adanya penggemar bisa juga dijadikan semangat untuk terus berada di panggung hiburan. Sama seperti halnya dengan Nikita Willy. Sudah 10 tahun nikilovers, sebutan para penggemar Nikita yang setia mendukungnya. Untuk itu setiap tahunnya, perayaan hari jadi penggemar Niki selalu dirayakan. “10 tahun itu bukan waktu yang sebentar. Semua nikilovers setia mendukung selama 10 tahun. Mereka selalu ada buat aku. Mereka ini bisa dibilang keluarga kedua aku, sama sekali tidak mau ada jarak dengan mereka,” ungkap Nikita Willy, kemarin. Nikilovers sangat berarti untuk Nikita. Bagi Nikita, mereka adalah orang-orang yang mendukung dan membela Nikita. Bahkan ketika ia sedang bad mood pun, ia bisa bersemangat lagi hanya karena melihat komentar positif dari para fans. (kpn/swm)

Nia Ramadhani

Gelontorkan Rp 300 Juta untuk Biaya Sekolah Anak

BTS Raih Penghargaan Boyband Terbaik Boyband Korea Selatan BTS berhasil menyabet penghargaan sebagai boyband terbaik di ajang iHeart Radio Music Awards 2018. Karena jadwal yang sibuk, mereka tidak dapat menghadiri acara penghargaan itu dan mengirimkan pesan melalui video. Leader BTS, RM, mengucapkan terima kasih banyak pada ARMY. Sebab, mereka membuat penghargaan ini menjadi kenyataan. Anggota lainnya, J-Hope juga meninggalkan pesan dengan bahasa Korea. “Kami sangat berterima kasih dan mencintaimu,” ujar J-Hope, Senin (12/3). Selain itu, RM memberi ucapan selamat pada para penggemar BTS. Sebab, ARMY juga memenangkan penghargaan Best Fan Army Award. “Anda berhak menerima penghargaan ini. Kami telah mendapatkan dukungan Anda di seluruh dunia sepanjang waktu. Penghargaan ini menandakan semangat dan kecintaan ARMY. Anda adalah ARMY terbaik di dunia,” kata pria bernama asli Kim Namjoon ini. (rep/swm)

Sebagai seorang ibu, Nia Ramadhani tentu menginginkan agar anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik, seperti yang dilakukannya kepada anak pertamanya, Mikhayla Zalindra Bakrie. Putrinya yang kini berusia 7 tahun tersebut kini disekolahkan di salah satu sekolah bergengsi, yakni British School Jakarta yang berada di daerah Bintaro, Tangerang Selatan. Anggota Girl Squad tersebut pun sempat mengunggah beberapa fasilitas yang terdapat di sekolah Mikhayla Zalindra Bakrie, seperti salah satunya adalah bermain tennis. Dari website British School Jakarta, biaya pendidikan Mikhayla yang kini berusia 7 tahun diperkirakan harus menggelontorkan uang sebanyak ratusan juta.

TTS Mendatar 5. yang mudah di bentuk 7. kado 9. kata ganti orang ke 3 11. kebal terhadap suatu penyakit 12. jenis ular besar 13. perasaan bosan dan jenuh 15. sombong 17. busa (inggris)

Sudoku

883 5 5

9

1

3

1

6 7

4

Untuk biaya pertahun, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie mengeluarkan uang sebanyak Rp 311 juta atau Rp 108 juta per-semester. Sedangkan untuk biaya pendaftaran, orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di situ harus membayar Rp 2,5 juta, dan jika ingin mendapatkan fasilitas antarjemput, maka dikenakan biaya sebesar Rp 9.3 juta untuk satu kali jalan satu semester. Jika ingin diantar-jemput (berangkat dan pulang dari sekolah, orangtua harus menyiapkan uang sebesar Ro 17.3 juta. Jadi bisa diperkirakan pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie akan menggelontorkan uang sebanyak Rp 330 juta untuk sekolah Mikhayla Bakrie. (oz/swm)

883 20. sifat yang buruk 21. bertarung 24. sering menyerang komputer 25. potasium 26. waktu matahari tenggelam 27. keterangan yang benar dan nyata 29. tempat beribadah 30. bintang berekor

Menurun 1. pemimpin 2. badan pertanian PBB 3. surat izin mengemudi 4. negara anggota thailand 5. cambuk 6. bahan pembuat sabun 8. pakaian penghangat 10. bertenda 13. tuan (jepang) 14. tempat menulis 16. belenggu 18. juara ISL 2014 19. pembalap moto GP dari honda 20. ikatan dokter indonesia 22. alas kaki 23. bulu di kepala 28. irisan tipis-tipis yang terbuat dari daging

2 9 Jawaban TTS 882

9

1

6

2

A 6

P 9

6

3

8

I

3

T

10

M P U

15

P

C

N U R

U

B A J U 18

3

9

5

7

6

8

1

2

8

1

19

4

2

6

4

1

5

3

7

9

8

1

8

7

2

9

4

5

6

3

8

7

3

6

1

5

9

4

2

20

23

3

5

S

4

28

1

2

4

7

9

8

3

5

4

5

9

3

8

2

6

1

7

5

3

8

9

2

1

4

7

6

7

4

1

9

2

6

8

3

6

2

5

9

5

4

7

3

8

1

8

6

4

1

7

2

4

34

I

E L

I

S

U M I 38

EclipseCrossword.com

32

K A K

I

K A T

R

T

I

M A D U

27

T

N 31

U

35

37

S

S

R

S

7

L

M

29

U N G U T

E

I

R A T

G 30

6

17

T

26

K

A B U

T O

K A N K E R

A

B U

I

25

A N

16

21

M

B U M N 24

Y

A R L O J

A

K

22

13

A

Y

A

8

K O T A K

11

12

14

Jawaban Sudoku 882

5 7

P

T

D E

7

4

H E A R T

P O T

M 39

I 33

B

36

H A K T

P A N T A

I


22

SelaSa 13 Maret 2018

opini KUCING EMAS ASIA. Seekor Kucing Emas Asia (Catopuma temminckii) liar berada di salah satu garasi rumah warga di Desa Masjid, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Senin (12/3). Keberadaan kucing emas liar yang digolongkan salah satu satwa Near Threatened (hampir terancam) tersebut di permukiman warga, diduga karena tekanan perburuan dan hilangnya habitat.

Jerat KPK Sebelum Pilkada Dalam beberapa hari terakhir, KPK mengeluarkan ultimatum akan mengumumkan nama-nama calon kepala daerah yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi. Tentu hal ini membuat jantungan para kandidat, lantaran mimpi untuk memimpin kembali daerahnya akan kandas di tengah jalan sebelum bertarung. Korupsi sudah menjadi wabah bagi bangsa Indonesia belakangan ini. Korupsi adalah perbuatan yang busuk, jahat, dan merusak. Jika berbicara tentang korupsi pasti didalam benak seseorang muncul hal-hal yang negatif. Karena korupsi menyangkut segi-segi moral dan sifat keadaan yang busuk. Jadi sangat wajar bila KPK mengumumkan prilaku bejat calon kepala daerah sebelum menjabat. Pengertian korupsi memiliki arti yang sangat luas. Secara harfiah korupsi adalah kebusukan, kebejatan, ketidak jujuran, dapat disuap dan tidak bermoral. Sedangkan dalam kamus hukum yang dimaksud dengan korupsi adalah perbuatan curang, tindak pidana yang merugikan keuangan negara. Akan tetapi dikalangan konglomerat korupsi ini dijadikan sebagai hobi, banyak dari kalangan pemerintah yang melakukan korupsi seperti gubernur, bupati, DPR dan masih banyak lagi. Membicarakan korupsi maka 180 derajat bedanya dengan kasus pencurian ayam. Pelaku pencurian ayam biasanya masuk ke dalam sel tahanan sudah tidak bisa ceria, apalagi melambailambaikan tangan seperti para koruptor yang baru diperiksa oleh KPK dan diliput awak media massa. Para pelaku kriminal seperti pencuri ayam diperlakukan seperti pelaku kejahatan lainnya, tidak diistimewakan, bahkan kerap nahas nasibnya padahal secara esensi dengan koruptor hampir sama, yaitu sama-sama mencuri. Korupsi biasanya dilakukan oleh orang yang punya kedudukan, berpengaruh, punya kuasa. Banyaknya harta hasil korupsi menyebabkan para koruptor bisa membayar pengacara papan atas untuk membelanya, berkebalikan dengan maling ayam yang sudah pasti orang miskin. Ketika sudah divonis bersalah dan dimasukkan ke dalam penjara, para terpidana korupsi juga masih bisa membeli kemewahan dan kebebasan. Maka dari itu pentinglah kiranya, sebelum masuk dalam dunia politik, untuk mencalonkan kepala daerah atau yang lainnya, lebih baik jika sang calon sudah matang secara niat dan materi, sehingga ketika terpilihpun, niatnya bukan proit oriented (berorientasi keuntungan), tetapi memang service oriented (berorientasi melayani), karena tidak dapat kita mungkiri bahwa hukum penguasa adalah “memperluas haknya dan mempersempit kewajibannya�, karena sifat manusia yang tidak pernah puas, dan selalu ingin mencari kemuliaan. Mudahnya kompromi politik dikalangan politisi dan birokrat membuat nilai idealitas politik menjadi bias, transaksi di atas meja makan seolah menjadi hal yang ditunggu-tunggu, untuk kepuasan nafsu.(*)

Penerbit pT. MediA AnGKASA

Antara | Syifa Yulinnas

Medan (Masih) Minim CCTV di Ruang publik Oleh : Imada Rahmadia Lubis

Masyarakat Indonesia tentu masih mengingat peristiwa perampokan sadis yang terjadi Desember 2017 lalu di Pulomas Jakarta Timur. 11 orang ditemukan tertumpuk dalam kamar mandi yang hanya berukuran 1,5 X 1,5 meter. 6 orang meninggal dunia akibat kekurangan oksigen dan lima lainnya selamat dengan trauma psikis mendalam. Polisi menjerat para pelaku dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan serta pasal 338 KUHP dan 333 KUHP. Selama proses penyelidikannya sendiri, polisi dimudahkan dengan adanya CCTV (Closed Circuit Television) yang terpasang di rumah korban. Alat elektronik ini terbilang cukup membantu sebab darinya polisi mendapatkan ciri-ciri serta gerakgerik pelaku selama melakukan aksi. Ukuran yang kecil memungkinkan alat ini diletakkan di tempat tersembunyi yang tak diketahui orang lain selain pemiliknya. Kasus perampokan Pulomas merupakan salah satu contoh kasus kerawanan sosial yang tidak boleh terulang kapanpun dan dimanapun. Bukan kali ini saja CCTV memberikan peran besar pada pengungkapan kasus serupa atau kasus lainnya. Berbagai masalah kerawanan sosial yang terjadi kita tahu membutuhkan solusi cerdas untuk mengatasinya. Penggunaan CCTV bisa menjadi salah satu solusi. Pertama kali ditemukan di Jerman oleh Walter Bruch, CCTV di rancang untuk mengamati proses peluncuran roket VII serta mempelajari lintasan dan gerakannya. Tahun bertambah tepatnya pada 1960, CCTV mulai dipasang di tempat umum di Inggris untuk memonitor masyarakat banyak selama unjuk rasa berlangsung waktu itu. Hingga hari ini, CCTV tetap terpasang apik di semua tempat umum di Inggris seperti di jalan, lapangan, trotoar, stasiun maupun toko-toko eceran dan usaha lainnya. Serupa dengan Inggris, negara-negara maju lainnya seperti Amerika dan Jerman juga melakukan hal yang sama. Mereka pemimpin Umum: tongariodjo angkasa Ginting Se, MBa, MM, MSc Wakil pemimpin Umum: dr. Finisia angkasa Staf Ahli: Dr. re Nainggolan, MM, Dr. Ir. Jongkers tampubolon, MSc, Drs. Nabari Ginting, Hasiholan Sidabutar Se, Ma, MM, tjong Poh Bun, ridwan Nasution, Bambang eS, Johan

Terbit : 19 Juli 2012 Alamat Redaksi dan divisi Usaha Kompleks Bilal Central A1-A2, B1-B2 Jalan Bilal Ujung, Medan Telp. 061 - 6635664 email Redaksi: berita@Jurnalasia.com email Usaha: marketing@Jurnalasia.com

Wakil General Manager: Selamat ang pemimpin Usaha: Berman Pasaribu ang Se, MM pjs pemimpin Redaksi/penanggung Jawab: rahmad S Batubara Redaktur pelaksana: Isvan Wahyudi Redaktur: Swisma Naibaho, Nasib ts, Khairul anwar Dalimunthe aMd, andri DP Staf Redaksi: Syahrial Siregar, Bambang Nl SH, Netty Guslina, ari Wibowo, Hendra

meletakkan CCTV di toko-toko untuk menghindari tindakan pencurian. Mereka juga memasangnya di jalan raya demi memantau kelancaran dan menghindari kecelakaan lalu lintas. Fungsinya tidak berubah sama sekali yakni untuk memonitor, hanya saja cakupannya menjadi semakin luas begitu pula manfaatnya. CCTV di Medan Medan sebagai Kota Metropolitan sebenarnya dapat mengandalkan pemasangan CCTV di berbagai ruang publik untuk mencegah berbagai aksi kejahatan. Selain itu CCTV juga dapat digunakan untuk mempermudah manajemen transportasi di Medan yang sering macet dan semrawut. Walaupun alat ini terbilang rumit karena harganya yang mahal dan pengoperasiannya membutuhkan SDM berkualitas yang paham teknologi, namun manfaat yang ditawarkan juga cukup memuaskan. Jumlah CCTV di ruang-ruang publik Kota Medan terbilang masih minim. Dikutip dari medantalk. com, tahun lalu Dishub Kota Medan hanya memasang 49 kamera CCTV tambahan di sejumlah ruas jalan di Kota Medan. Jumlah keseluruhannya hingga saat ini hanya 146 kamera CCTV, sangat sedikit mengingat Kota Medan memilik luas hingga 265,1 km. Bayangkan bila diseluruh persimpangan jalan di Kota Medan dipasangi CCTV? Tentu kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas yang hampir tiap hari terjadi dapat dihindari. Pemasangan kamera CCTV ini bila diterapkan dalam jumlah dan pengawasan maksimal akan sangat memudahkan para pengguna jalan raya. Sebagai kota dengan tingkat kemacetan tinggi pada jam-jam tertentu. Jika pemasangan CCTV tadi terealisasi secara maksimal, tentu Medan akan menjadi Kota yang nyaman dengan kekondusifan yang terjaga. Polisi lalu lintas akan lebih mudah menjalankan tugasnya karena semua sudah dimonitor oleh CCTV. Pengguna jalan KoReSponden deliserdang: H alamsyah Siregar, refi arif Siregar Serdang Bedagai: Sugiono Binjai: Sri Masanah Bahorok: Menanti Ginting pematangsiantar/Simalungun: togar Sinaga. Labuhanbatu: roberto Simatupang, M. Sibarani Tanah Karo: Herman Harahap Sidikalang: ester Pandiangan Humbahas: Firman tobing Solok: Yose rizal, elita Susanti SH Tanjungbalai: M. adi Sastra Langkat: Badruddin Labusel: Negos Siregar Taput: Nelson Nainggolan, Se pakpak Bharat: Boman Batubara: rahman Khalid

raya yang melanggar aturan lalu lintas atau yang membahayakan orang lain akan cepat diketahui dan dihentikan aksinya karena sudah terekam kamera CCTV. Di masa serba canggih ini pemasangan kamera pengawas merupakan kebutuhan yang paling mendesak. Semrawutnya lalu lintas hingga berbagai masalah kerawanan sosial seperti begal di kawasan Medan seharusnya dapat diatasi dengan ini. Memang CCTV bukan barang baru bagi sebagian besar kalangan. Banyak juga mall atau supermarket di Kota Medan yang memanfaatkan CCTV untuk mendukung peningkatan keamanannya dari aksi kejahatan seperti tindakan pencurian. Penggunaan di Ruang Publik Bila dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, Medan memang masih tertinggal dalam memanfaatkan kamera pengawas ini. Manfaat CCTV itu sendiri sebagai bagian dari metode penguatan digital security guna mencegah tindak kriminal bahkan pengawasan atas gerak-gerik aksi terorisme. Terlepas dari hal tersebut, CCTV memang sudah seharusnya menjadi kebutuhan mendesak di era canggihnya teknologi saat ini. Pemerintah harusnya segera memperhatikan hal ini. Pemasangan CCTV juga sebaiknya tidak dilakukan secara sembarang. Manfaat yang bisa didapatkan memang sangat bagus namun bila prosesnya tidak maksimal maka hasilnya pun akan sia-sia. Sosialisasi penggunaan CCTV pun juga harus dilakukan dengan gencar. Walaupun sudah banyak digunakan pihak swasta seperti supermarket untuk meningkatkan keamanan pengunjungnya, bukan berarti semua orang, semua lapisan masyarakat memahaminya dengan baik. Tak jarang karena terlalu usil atau terlalu nekad, dikhawatirkan para pelaku kejahatan malah tergiur “memungut� CCTV yang dipasang di ruang publik karena harganya yang mahal. Ini patut menjadi keprihatinan kita bersama. Penulis adalah mahasiswa FISIP UMSU Keuangan: ratnawati S Kom, Jessie Rekening: Bank Mandiri no 106 001 0849 399 a\n Pt. Media angkasa penasehat Hukum: Sukiran SH, M.Kn, asman Siagian SH, MH dicetak oleh: Pt. Karya Cetak angkasa, Jl. Bilal Ujung (Komp. Bilal Central No. 12-12a) Medan (Isi di luar tanggung jawab percetakan) SeLURUH staf dan wartawan Harian Jurnal asia tidak dibenarkan untuk meminta dan/atau menerima apapun dari narasumber baik dalam bentuk amplop, uang, honor, biaya transportasi, biaya akomodasi, hadiah, maupun berbagai bentuk gratifikasi lainnya. Jika terdapat hal tersebut di atas, silakan kirim SMS ke 0852 9776 1000. Kami juga menerima segala bentuk kritik, saran, pelaporan, dan pertanyaan demi kemajuan Harian Jurnal asia.


SelaSa 13 Maret 2018

23

OLAHRAGA

Target di Jerman Meleset PBSI Langsung Berbenah Jakarta | Jurnal Asia Indonesia gagal memenuhi target satu gelar juara di Jerman Terbuka. Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) kecewa dan berharap hasil lebih baik di All England. Indonesia sudah kepayahan di inal Jerman Terbuka, Minggu (11/3), dengan hanya meloloskan satu wakil Fajar Alian/Muhammad Rian Ardianto. Di babak puncak, Fajar/Rian harus mengakui ketangguhan ganda Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko, dengan skor 16-21 dan 18-21 dalam tempo 38 menit. Meski gagal, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI Susy Susanti tetap mengapresiasi hasil yang dituai Fajar dan Rian. Meskipun di sisi lain dia menyayangkan Indonesia yang nirgelar dari Jerman. “Gemas sih. Saya melihat sudah sampai inal, tapi ya sayang. Apalagi, sebelumnya mereka lebih dulu mengalahkan seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di semiinal. Seandainya dipisah tentu Indonesia sudah bisa pastikan satu gelar,” kata Susy, Senin (12/3). “Tapi, dibilang meleset, sebetulnya sudah on target. Tujuannya sudah, cuma saat terakhirnya (inal) yang belum konsisten. Dalam arti kematangan mereka, keberanian, dan power-nya yang harus lebih ditingkatkan lagi. Ya, ini untuk persiapan mereka menuju All england. Semoga di sana mereka bisa menunjukkan diri lebih baik lagi,” ujar dia lagi.

Selain ganda putra, Susy juga menyoroti sektor lain, yakni ganda putri, tunggal putra, dan ganda campuran yang dinilai belum sepenuhnya matang. Yang paling disayangkan adalah ganda campuran seperti Haiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja serta Praveen Jordan/Melati. Menurutnya, kans ganda campuran untuk capai semiinal besar namun gagal. Dia juga menyebut ganda putri Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta dan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani yang dinilainya belum konsisten. “Begitu untuk tunggal putra sangat disayangkan. Memang lawannya ketat dan rata. Tapi kembali lagi kami soroti konsistensi atlet kami. Dalam arti dengan persaingan ketat otomatis kita harus lebih siap, fokus, dan kosentrasi,” katanya. “Termasuk ketika memecahkan masalah di lapangan. Kemudian, faktor angin, shuttle kock. Ini akan terlihat jika si atlet sudah matang. Kalau elit dunia kan semiinal minimal masuk. Ini yang harus kami naikkan karena pemain muda kita belum sampai di sana.” Tantangan berikutnya untuk pebuluatngkis Indonesia ada pada All England. Turnamen super 1000 dan berhadiah total USD 1 juta itu dihelat 14-18 Maret. Perfoma tunggal putra di Jerman Terbuka 2018 memang tak bisa dibilang bagus. Karena itu Jonatan Christie dkk diminta berbenah sebelum terjun di All

England. Di Jerman Terbuka, Anthony Sinisuka Ginting tampil sebagai unggulan kelima dan Jonatan Christie sebagai unggulan delapan. Tapi, mereka kandas di babak delapan besar. Jonatan dikalahkan pemain non unggulan Jepang, Kenta Nishimoto, sedangkan Anthony terdepak setelah memutuskan retired di game kedua dari unggulan ketiga Tiongkok, Shi Yuqi.

Dua pemain itu meleset dari target minimal semiinal. “Memang harus ada penanganan khusus. Artinya, si atlet harus melihat kalah di mana, evaluasi pembelajaran, dan adaptasi di lapangan,” tutur peraih medali emas Olimpiade 1992 Barcelona ini lagi. Dengan waktu yang persiapan yang tersisa dua hari, Susy optimistis para pemain Indonesia mampu berbicara banyak di All England. (dc-adp)

Fajar Alian/Muhammad Rian Ardianto

NPC Asahan dan Batubara Periode 2018-2023 Terbentuk Medan | Jurnal Asia Dua kepengurusan National Paralympic Committee (NPC) kembali terbentuk di dua kabupaten di Sumatera Utara. Keduanya adalah NPC Kabupaten Asahan dan Batubara. Abdul Karim terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum NPC Batubara periode 20182023, pada Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) pada 3 Maret lalu. Sedangkan Andi Ernes Simatupang juga terpilih secara aklamasi sebagai ketua NPC Asahan periode 2018-2023, dari hasil Musorkab di Aula Kantor Disporapar Asahan pada 10 Maret lalu. Terbentuknya dua kepengurusan di Asahan dan Batubara, praktis sudah ada 13 pengurus NPC kabupaten dan kota di Sumut. Diantaranya, Medan, Deli Serdang, Langkat,

Porwilsu

Binjai, Sergai, Tebingtinggi, Samosir, Karo, Padang sidempuan, Tanjungbalai, Tapanuli Utara, Asahan, dan Batubara. Wakil Sekum NPC Sumut Suliadi, mengatakan pembentukan pengcab merupakan salah satu program utama pengurus pada tahun 2018, agar ada penambahan anggota NPC Sumut. Dengan begitu, akan memudahkan bagi Sumut menjaring atlet-atlet difabel potensial di tiap cabang olahraga, yang selama ini tidak terpantau bakatnya di kabupaten/ kota. “Tujuan dari terbentuknya NPC di kabupaten dan kota adalah merekrut atletatlet baru. Nantinya bukan hanya dipersiapkan menatap ajang Peparnas 2020 di Papua, tapi juga untuk persiapan Peparnas 2024. Apalagi

Sumut mengajukan tuan rumah bersama Aceh pada PON 2024 Kita berharap tuan rumah PON 2024 bisa tercapai. Makanya atlet harus dipersiapkan sejak dini,” jelasnya di Medan, Senin (12/3). Kepada pengurus yang baru, pihaknya berharap besar segera membentuk dan membina sejumlah cabang olahraga yang menjadi andalan di masing-masing NPC. “Kita harapkan mereka bentuk pengcab-pengcab cabang olahraga. Artinya di setiap kabupaten dan kota kita harapkan punya olahraga andalan. Misalnya Karo unggul di atletik, atau Sergai angkat berat,” ujar Suliadi. Sementara Wakil ketua bidang organisasi NPC Sumut, Erwin Yoesoef Nasution, pelaksanaan even di daerah juga sangat

penting, sebagai sarana penjaringan atlet difabel yang potensial, selanjutnya diproyeksikan membela Sumut di even nasional seperti kejurnas maupun Peparnas. “Salah satu perekrutan atlet itu, ya dengan mengadakan even olahraga. Mereka juga harus koordinasi dengan pengurus NPC provinsi, dan jalin kerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota masing-masing. Sejauh ini, mereka (pemerintah) sangat menyambut baik pembentukan NPC di daerahnya,” harapnya. Pengda NPC Sumut akan terus mengembangkan sayapnya dengan membentuk NPC yang saat ini belum ada di Kabupaten dan kota. Segera menyusul Kota Sibolga dan Gunungsitoli yang direncanakan April tahun ini. (bambang nl)

Wali Kota Berharap Atlet Medan Beri yang Terbaik

Medan | Jurnal Asia Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi akan melepas atlet kontingen Kota Medan yang berlaga di Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwilsu) 2018. Hal

itu dinyatakan saat menerima audiensi Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani di Rumah Dinas Wali Kota, kemarin. Menurut Ketua Umum KONI Kota Medan, Wali Kota akan melepas para atlet sebagai

Jurnal Asia | Ist AUDENSI. Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi (kiri) menerima audiensi Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani.

bentuk dukungan dan motivasi, supaya para duta ini bisa tampil sebaik mungkin di ajang multi event empat tahunan se provinsi Sumut yang berlangsung April hingga Mei nanti. Dalam audiensi yang berlangsung baru-baru ini, sebut Eddy Sibarani, pihaknya melaporkan kesiapan atlet dalam menghadapi Porwisu 2018. Di kesempatan ini, Wali Kota berharap para atlet tetap menunjukkan prestasi terbaik dalam mengharumkan nama Kota Medan, seperti di Porwilsu yang sudah-sudah. “Wali Kota akan melepas langsung kontingen Kota Medan yang berlaga di Porwilsu pada 24 Maret di halaman Kantor Wali Kota Medan,” sebut Eddy Sibarani di Medan, Senin (12/3). Dikatakannya, sesuai pesan Wali Kota, pihaknya mentargetkan para atlet untuk bisa tampil juara di setiap nomor sekaligus mendominasi di semua cabor yang dipertandingkan. “Karena ajang Porwilsu juga merupakan seleksi sebelum bisa tampil di Porprovsu. Medan selalu menjadi juara umum di Porprovsu, target kita kali ini adalah

meloloskan sebanyak mungkit atlet melalui Porwilsu untuk kemudian melanjutkan dominasi di ajang Porprovsu 2018 yang akan digelar November. “Siapkan atlet yang benarbenar sudah it dan memang siap bertanding, Sehingga Kota Medan bisa tampil dominan di setiap cabang olahraga,” sebutnya. Eddy sendiri menegaskan, Medan memang bertekad memenangkan setiap nomor pertandingan, dan loloskan atlet sebanyak-banyaknya ke Porporvsu 2018 yang berlangsung setelah Porwilsu. Dan setelah itu fokus ke Porprovsu, sebagai arena multi event puncak. Menurutnya, kontingen Kota Medan untuk Porwilsu 2018 telah terbentuk 100 persen. Dan dia telah berpesan kepada semua pengcab agar bersiap secara maksimal. “Untuk memotivasi para atlet, jajaran pengurus KONI KOta Medan akan meninjau langsung pesiapan para atlet dari 14 cabor yang dipertandingkan di Porwilsu nanti. Kunjungan untuk memotivasi langsung sekaligus memberi semangat kepada atlet dalam persiapannya,” tutup Ketua Umum KONI Medan. (bambang nl)


24

SelaSa 13 Maret 2018

SPORT RABU (14/3) 02:45 WIB Manchester United vs Sevilla SCTV, beIN Sports 1 (Live)

HEAD TO HEAD - 22-02-2018 Sevilla 0-0 United (UCL) - 10-08-2013 United 1-3 Sevilla (Friendly). PERKIRAAN PEMAIN United (4-2-3-1): De Gea; Young, Smalling, Bailly, Valencia; McTominay, Matic; Rashford, Sanchez, Mata; Lukaku. Sevilla (4-2-3-1): Rico; Edcudero, Lenglet, Kjaer, Mercado; Banega, N’Zonzi; Correa, Vazquez, Sarabia; Muriel.

Laga Hidup-Mati

Manchester | Jurnal Asia Manchester United akan menjamu Sevilla di Old Traford pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2017/18, Rabu (14/3) dinihari WIB. The Red Devils mengincar kelolosan ke perempat inal untuk pertama kalinya sejak 2013/14. Pada leg pertama di kandang Sevilla, laga berkesudahan imbang 0-0. Waktu itu, Sevilla bermain lebih dominan dan punya banyak peluang. United pantas berterima kasih pada David De Gea, setelah kiper nomor satu Spanyol itu mementahkan semua ancaman Sevilla yang mengarah ke gawangnya. Kali ini, berstatus sebagai tuan rumah, Setan Merah perlu memaksimalkan keunggulan mereka. Pasukan Jose Mourinho butuh gol dan kemenangan. Melihat performa, MU pantas diunggulkan menang. Terlebih lagi, spirit MU sedang melambung tinggi usai akhir pekan kemarin menekuk Liverpool 2-1 lewat brace Marcus Rashford di Premier League. MU selalu menang dan selalu mencetak minimal dua gol dalam tiga laga terakhirnya. Sebelum menjinakkan Liverpool, mereka juga menaklukkan Chelsea (2-1) dan Crystal Palace (3-2). Sevilla justru sebaliknya. Di La Liga akhir pekan kemarin, anak-anak asuh Vincenzo Montella kalah 0-2 di kandang sendiri melawan Valencia. Itu bukan modal yang bagus untuk dibawa ke Old Traford. Sevilla belum pernah

melangkah lebih jauh dari babak 16 besar. Mereka tiga kali kandas di babak ini, yakni pada musim 2007/08 (agregat 5-5, adu penalti vs Fenerbahce), musim 2009/10 (agregat 2-3 vs CSKA Moscow), dan musim 2016/17 (agregat 2-3 vs Leicester City). Musim ini, Sevilla sepertinya harus kembali kandas di babak yang sama. Mourinho sendiri menekankan pentingnya laga melawan Sevilla ini. Ia tak mau hasil-hasil bagus MU belakangan ini dirusak oleh kegagalan di Liga Champions. MU memantapkan posisinya di peringkat kedua klasemen Premier League dengan meraih tiga kemenangan beruntun. Di antara hasil-hasil positif tersebut, terdapat kemenangan atas Chelsea dan Liverpool. Kemenangan atas Liverpool menjadi modal MU untuk menghadapi Sevilla di Old Traford. Setan Merah butuh kemenangan untuk lolos ke perempatinal setelah bermain imbang 0-0 di leg pertama. Usai menghadapi Sevilla, MU akan menjamu Brighton & Hove Albion di perempatinal Piala FA, Minggu (18/3) dinihari WIB. Karena itu, Mourinho meminta timnya agar tak terlalu terlena dengan kemenangan atas Liverpool. “Sevilla dan Brighton adalah laga-laga yang lebih penting daripada Liverpool. Liverpool adalah Liverpool, itu adalah pertandingan besar, laga melawan rival langsung untuk empat besar, tapi belum ada yang sudah dipastikan,” kata Mourinho. “Tapi Sevilla dan Brighton adalah pertandingan hidup atau mati, jadi dua pertandingan yang akan datang lebih penting daripada yang ini (Liverpool).” Sevilla selalu mencetak gol dalam laga-laga tandangnya di fase grup musim ini. Namun gol-gol itu tak mampu memberi Sevilla kemenangan. Imbang lawan Liverpool (2-2) dan Maribor (1-1), Sevilla juga kalah 1-5 lawan Spartak Moscow. Sedangkan MU selalu menang dalam tiga laga terakhirnya. Dalam tiga laga itu, MU memang selalu kebobolan, tapi mereka mampu mencetak gol lebih banyak daripada lawan-lawannya. Permainan pragmatis itu telah membawa United berturut-turut mengalahkan Chelsea, Palace dan Liverpool dengan margin satu gol. MU bisa melakukan hal yang sama pada Sevilla. (bn-dc-ss-adp)

Cech Catat Rekor Istimewa London | Jurnal Asia Petr Cech mencatat raihan istimewa ketika Arsenal mengalahkan Watford 3-0. Kesuksesannya mencegah satupun gol masuk ke gawangnya berbuah sebuah rekor. Cech menjaga gawang Arsenal saat menghadapi Watford di Emirates Stadium, Minggu (11/3) malam WIB. Selain tiga gol dari masing-masing Shkodran Mustai, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Henrikh Mkhitaryan, penyelamatan Cech terhadap penalti Troy Deeney juga signiikan. Sebab penyelamatan itu memastikan Cech kini mencapai 200 clean sheet di Premier League. Dia adalah kiper pertama dalam sejarah kompetisi ini yang mengukir capaian tersebut. Tak mudah bagi Cech mencapainya, mengetahui performanya dan Arsenal belakangan jauh dari kata memuaskan. Arsenal seperti diketahui sempat menjalani periode sulit, dengan hanya lima kemenangan di 15 partai terakhir liga. Sebelum Watford, clean sheet terakhir mereka adalah saat menang 1-0 atas Newcastle United di Emirates pada medio Desember lalu. Cech pun harus menunggu 11 pertandingan untuk kembali mengukir clean sheet. Penyelamatan atas penalti Deeney sendiri cuma menambah sedap keberhasilan Cech. Itu adalah penyelamatan penaltinya yang pertama dalam seragal Arsenal. Ada kelegaan dalam diri kiper asal Republik Ceko itu setelah akhirnya berhasil menuliskan rekor. “Ini adalah milestone yang sangat luar biasa, tentu saja. Kami cuma butuh 18 pertandingan untuk mendapatkan sembilan clean sheet di awal musim, untuk saya mencapai angka 199 clean sheet,” ujarnya. “Dan setelah itu kami harus menunggu sampai 11 laga untuk kembali clean sheet, yang terkadang bikin frustrasi. Tapi pada akhirnya yang terpenting adalah kemenangan.” Catatan kiper Rep Cheska itu tampaknya akan bertahan cukup lama. Pesaing-pesaing terdekatnya adalah David James (169), Mark Schwarzer (151), David Seaman (140), dan Nigel Martyn (137) yang mana seluruhnya sudah pensiun. “Apa yang sudah dilakukan Petr Cech, dengan 200 clean sheet, itu luar biasa dan secara khusus hari ini ia menggagalkan penalti. Saya baru melihatnya lagi dan keputusan penalti itu murah hati sekali dari wasit,” kata manajer Arsenal, Arsene Wenger.

Hasil ini sendiri menjadi kemenangan pertama anakanak London utara setelah tiga kekalahan beruntun di Premier League. Makin spesial untuk Arsenal karena sejumlah catatan menarik terukir berkat kemenangan plus clean sheet di laga ini. Gol pertama Arsenal yang dicetak Shkodran Mustai menandai gol ke-1.000 mereka di kandang pada ajang Premier League. Opta mencatat Arsenal adalah tim kedua yang menembus angka 1.000 gol di kandang setelah Manchester United. MU saat ini sudah membukukan 1.066 gol, sementara Arsenal 1.002. Sementara bagi Wenger, ini adalah kemenangan yang ke-700 untuknya bersama Arsenal. Manajer asal Prancis itu mendapatkannya setelah melalui 1.222 pertandingan bersama tim London utara tersebut. Catatan istimewa juga dibukukan Mesut Oezil. Gelandang internasional Jerman itu menjadi pemain tercepat yang mencetak 50 assist di Premier League. (dc-adp)

Napoli Belum Menyerah Milan | Jurnal Asia Napoli kini harus rela turun dari puncak klasemen karena digeser Juventus. Tapi, Il Partenopei belum menyerah untuk mengejar Scudetto. Napoli cuma bermain imbang tanpa gol kontra Inter Milan di Giuseppe Meazza, Senin (12/3) dinihari WIB tadi. Pada laga itu Napoli punya banyak peluang yakni sembilan attempts, tapi hanya satu on goal. Hanya satu poin yang didapat tentu merugikan Napoli mengingat mereka kini ada di posisi kedua klasemen, sementara Juve mengambil alih pimpinan Serie A usai menang 2-0 atas Udinese. Ini jadi kali pertama Napoli turun dari puncak setelah Desember lalu. Bianconeri dengan satu laga simpanan kini punya 71 poin, unggul satu angka dari Napoli dan mungkin bisa bertambah andaikan mampu mengalahkan Atalanta. Biasanya kalau sudah di puncak, Juve relatif sulit digeser dan itu terbukti dalam beberapa musim terakhir. Meski peluangnya meraih Scudetto sulit, Napoli enggan menyerah dan bakal berusaha semaksimal mungkin sampai akhir musim untuk mengejarnya. “Kami tidak tampil buruk kok dan punya beberapa peluang bagus, khususnya di babak kedua. Tapi dalam hal fokus serta usaha kami, lebih baik ketimbang pekan lalu,” ujar pelatih Napoli, Maurizio Sarri, kepada Mediaset Premium. “Jika Juventus memenangi seluruh laga mereka hingga akhir musim, maka kami akan kagum dan menyelamati mereka. Kami bukan klub terkaya di Italia, kami bisa terus menekan mereka. Apakah kami masih yakin meraih Scudetto? Kami terus meyakini bahwa kami bisa melakukan yang terbaik.” (dc-adp)

Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Maret 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Maret 2018

Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Maret 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Maret 2018

Advertisement