Page 1

Residivis Bongkar Rumah Diterjang Timah Panas Halaman 6

KPK Warning Incumbent Jauhi Korupsi Halaman 7

seLasa, 13 Februari 2018 nomor 1.592 tahun Vi

Rp3.000 (Luar Kota + ongKos Kirim)

harianjurnalasia

HarianJurnalAsia

jurnalasia.com

Kembalikan Masa Kejayaan Perkemi Sumut Halaman 23

Laga Panas Halaman 24

Simic ‘Mimpi Buruk’ PSMS medan | Jurnal asia PSMS Medan kembali harus menelan pil pahit usai ditaklukkan Persija Jakarta 1­0, dalam leg II babak semiinal Turnamen Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan, Solo, Senin (12/2). Aktor kemenangan skuad Macam Kemayoran tidak lain adalah striker asing asal Krosia, dengan gol tunggalnya di menit 59. Simic memang dinilai menjadi ‘mimpi buruk’ bagi Legimin Rahardjo cs. Mengingat di Leg I mantan pemain Melaka United SA ini mampu menciptakan tiga gol alias hattrick ke gawang PSMS yang saat itu dikawal Abdul Rohim. Dengan hasil ini, PSMS harus mengubur mimpinya ke babak inal Piala Presiden 2018 setelah kalah agregat 5­1. Pasalnya, di Leg I, PSMS kalah telak 4­1. Pelatih PSMS, Djajang Nurjaman, mengakui tim di babak pertama mampu menguasai jalannya pertandingan, tapi sayang tidak bisa menciptakan gol. Namun di babak kedua, tim lawan justru bermain menyerang dan mampu menciptakan gol. (Bersambung ke halaman 11)

Antara | Mohammad Ayudha Penjaga gawang PSMS Medan Dhika Bayangkara (kiri) menangkap bola umpan pemain Persija Jakarta pada pertandingan Semi Final Leg-2 Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (12/2).

Jelang Imlek

Pengamanan Tempat Ibadah Diperketat medan | Jurnal asia Polri bakal memperketat pengamanan di tempat­tempat ibadah. Hal itu dilakukan menyusul penyerangan Gereja St Lidwina, Sleman, Yogyakarta, Minggu pagi, 11 Februari. “Saya perintahkan untuk jajaran kepolisian memperkuat pengamanan tempat ibadah,” tegas Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Markas Polda Metro Jaya, Senin, 12 Februari 2018. “Kita bisa atasi persoalan ini. Kita bisa tangkap pelakunya. Percayakan pada kepolisian” ucap bekas Kepala BNPT itu. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjem Muham­ mad Iqbal mengatakan kepolisian sudah memiliki sistem pengamanan di setiap tempat ibadah. Selain menggandeng TNI, Polri melibatkan masyarakat men­ jaga lingkungan dan tempat ibadah masing­masing. (Bersambung ke halaman 11)

Jurnal Asia | Bowo Putusan KPu sumut. Rapat pleno terbuka pengumuman penetapan pasangan calon yang digelar di Hotel Grand Mercure, Senin (12/2) siang. Dalam keputusannya, KPU menyatakan pasangan JR Saragih-Ance tidak lolos dalam veriikasi Calon Gubernur Sumatera Utara.

JR Saragih Tersingkir karena Ijazah Pasangan Eramas dan Djoss Resmi Cagubsu medan | Jurnal asia Pasangan JR Saragih dan Ance Selian hanya mampu menahan haru, pasca dinyatakan tak lolos dalam verifikasi Calon Gubernur Su­ matera Utara (Cagubsu) dari KPU Sumut, Senin (12/2) siang. Dengan demikian, secara resmi pertarungan Pemilihan Gubernur Su­ matera Utara 2018, hanya diikuti pasangan Edy Rahmayadi­Musa Rajeckshah (Eramas) dan Djarot­Sihar (Djoss). Adapun yang menjadi ganjalan bagi JR Sa­ ragih adalah soal ijazahnya, yakni legalisir tidak diakui oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. De­ mikian terungkap dari rapat pleno terbuka pe­ ngumuman penetapan pasangan calon yang digelar di Hotel Grand Mercure, Senin siang. “Berdasarkan Keputusan KPU No 36

dan 134, maka dengan ini KPU Sumut me­ mutuskan, menetapkan bakal pasangan ca lon Gubernur Edy Rahmayadi ­ Musa Rajeck Shah didukung 60 kursi, serta Djarot Syaiful Hidayat ­ Sihar Sitorus menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada pemilihan Gubernur 2018,” ungkap Ketua KPU Sumut Mulia Banurea. Sementara pasangan JR Saragih ­ Ance Selian yang didukung Partai Demokrat dan PKB oleh KPU Sumut dalam rapat pleno tersebut dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), setelah penelitian tahap dua berkas pasangan para calon untuk maju menjadi pasangan Calon Gubernur dan Wail Gubernur Pilgub Sumut 2018. (Bersambung ke halaman 11)

“Legalisir Ijazah JR Saragih tidak diakui Diknas DKI Jakarta. Jadi berdasarkan surat tersebut yang ditandatangani Sekretaris Diknas DKI Jakarta.” Ketua KPu sumut mulia banurea

Keluarga Korban Teroris di Poldasu

Berharap Kompensasi Negara Jakarta | Jurnal Asia Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memberikan pendampingan hukum kepada saksi kasus terorisme di Polda Sumut. Persidangan kasus itu sendiri digelar di Pe­ ngadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Senin (12/2). Wakil Ketua LPSK Lili Pintauli Siregar mengatakan, kasus terorisme di Polda Sumut itu terjadi pada Minggu, 25 Juli 2017. Dalam aksi itu, seorang anggota Polda Sumut Aiptu Martua Sigalingging meninggal dunia terkena sabetan benda tajam dari para pelaku. “Pada kasus ini (terorisme di Polda Sumut), LPSK memberikan perlindungan bagi satu orang saksi. Adapun layanan yang diberikan yaitu pendampingan hukum dan fasilitasi kompensasi. Persidangan tidak dilakukan di Sumut, melainkan di Jakarta,” kata Lili di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Senin (12/2). (Bersambung ke halaman 11)

Kerabat keluarga almarhum Aiptu Martua Sigalingging berkumpul, sebelum jenazah diberangkatkan kerumah duka di Rumah Sakit Bhayangkara Poldasu. Aiptu Martua Sigalingging yang bertugas menjaga pintu pos II Poldasu itu menjadi korban teroris.

Antara | Septianda Perdana


2

SelaSa 13 Februari 2018

MEDAN

Tingkatkan Kepesertaan JKN Masyarakat

Gubsu Instruksikan Bupati dan Walikota Buat Regulasi

Jurnal Asia | Ist TERIMA AUDIENSI. Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi menerima Asisten Deputi Jaminan Sosial Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Togap Simangunsong dan Deputi Direksi Wilayah I Sumut-Aceh BPJS Kesehatan Budi Mohamad Arif beserta pengurus lainnya, di ruang kerja Gubsu lantai 10 Kantor Gubsu, Senin (12/2).

Medan | Jurnal Asia Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi akan mengeluarkan Peraturan Gubernur untuk mendorong Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Sumut menerbitkan regulasi dalam rangka meningkatkan kepesertaan masyarakat pada program jaminan kesehatan nasional (JKN). Hal itu dikatakan Gubsu saat menerima Asisten Deputi Jaminan Sosial Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Togap Simangunsong dan Deputi Direksi Wilayah I Sumut-Aceh BPJS Kesehatan Budi Mohamad Arif beserta pengurus lainnya, di ruang kerja Gubsu lantai 10 Kantor Gubsu, Senin (12/2). Dia menjelaskan, dalam rangka menindaklanjuti Inpres nomor 8 tahun 2017 tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pihaknya menginstrusikan kepada Bupati dan Walikota yang ada di Sumatera Utara untuk membuat regulasi untuk meningkatkan kepesertaan masyarakat pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). “Pemprovsu akan membuat Pergub dan mendorong kabupaten/kota se-Sumatera Utara untuk membuat regulasi di daerah masing-masing agar seluruh masyarakat m e n j a d i p e s e r t a B PJ S k e s e h a t a n , khususnya di Provinsi Sumatera Utara,” kata Gubsu Erry. Gubsu Erry Nuradi pada kesempatan itu juga mengatakan, Pemprovsu sepenuhnya mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional. Bahkan kata Gubsu Erry, Pemprovsu sendiri telah mengeluarkan kartu Sumut Sehat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. “Dalam rangka jaminan kesehatan untuk masyarakat Sumatera Utara Pemprovsu telah mengganggarkan dana kurang lebih 90 miliar untuk tahun 2018,” ujar Gubsu Erry yang didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Zulkarnain, Staf Ahli Gubsu Amran Uteh, Kadis Kesehatan Provsu Drs Agustama. Gubsu Erry pada kesempatan itu juga mengharapkan untuk akuntabilitas dukungan terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional dan menindaklanjuti

Inpres No.8 tahun 2017 agar Kartu Kesehatan yang dikeluarkan dibedakan dalam arti ada perbedaan yang dikeluarkan, pusat, provinsi dan kabupaten/kota. “Dengan perbedaan tersebut, diharapkan masyarakat bisa mengetahuinya,” ujar Tengku Erry. Asisten Deputi Jaminan Sosial Kedeputian Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( P M K ) R I , To g a p S i m a n g u n s o n g mengatakan, di dalam rencana pembangunan nasional khususnya bidang kesehatan bahwa target untuk Januari 2019 sebanyak 254 juta penduduk Indonesia harus mendapat jaminan kesehatan. Sementara menurut informasi yang diperoleh hingga saat ini masih lebih kurang 66 juta penduduk yang belum masuk dalam Jaminan Kesehatan Nasional. “Padahal ini merupakan kebutuhan dasar bagi penduduk Indonesia. Dan wajib seluruh penduduk Indonesia mendapatkannya,” ujarnya. Begitu juga untuk Provinsi Sumatera yang masih kurang lebih 70 persen penduduk Sumatera Utara yang mendapatkan Jaminan Kesehatan atau masuk dalam program BPJS. Untuk pencapaian target nasional dan menindaklanjuti Instruksi Presiden No.8 tahun 2017 tersebut diperlukan dukungan dari pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/ kota. “Diharapkan dukungan dari pemerintah provinsi (Gubernur) untuk melakukan pembinaan dan pengawasan kepada bupati/walikota se- Sumatera Utara untuk melaksanakan program ini,” ujarnya. Hal senada juga disampaikan Deputi Direksi Wilayah I Sumut-Aceh BPJS Kesehatan, Budi Mohamad Arif, kedatangan pihaknya guna menyampaikan tentang Instruksi Presiden nomor 8 tahun 2017 tentang Jaminan Kesehatan dimana Presiden RI memberikan instruksi kepada stakeholder terkait termasuk gubernur dalam rangka mendukung optimalisasi program JKN KIS. “Agar target kepesertaan masyarakat dalam BPJS semakin meningkat,” ujarnya. (markus/rol)


SelaSa 13 Februari 2018

3

MEDAN Orangtua Siswa Tidak Terbuka

Polda Sumut Kesulitan Ungkap Dugaan Korupsi PPBD Online

Jurnal Asia | Ist

FOTO BERSAMA. Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi foto bersama pengurus Dewan Pimpinan Cabang Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Medan yang baru terpilih di Rumah Dinas Walikota Jalan Sudirman Medan, Senin (12/2).

KPPI Harus Bermanfaat kepada Masyarakat Medan | Jurnal Asia Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi berharap agar organisasi Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Medan harus memiliki tujuan yang jelas dan bermanfaat, tidak hanya bagi kaum perempuan semata tetapi juga bagi masyarakat luas. Dengan demikian, kehadirannya dapat memberi ‘warna’ bagi Kota Medan. Harapan ini disampaikan walikota ketika menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Cabang Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Medan yang baru terpilih di Rumah Dinas Walikota Jalan Sudirman Medan, Senin

(12/2). Sebagai organisasi perempuan yang berasal dari seluruh perwakilan partai di Kota Medan, walikota mengingatkan agar KPPI tidak hanya berkutat dengan masalah politik, tetapi juga bagaimana berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama kaum perempuan dengan menggandeng seluruh organisasi perempuan yang ada maupun Perangkat Daerah (PD) terkait di lingkungan Pemko Medan. “Organisasi (KPPI) ini jangan hanya berbicara politik saja, tetapi juga bagaimana untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama kaum perempuan maupun UMKM yang ada di Kota Medan. Sebab, bangsa

ini tidak akan dapat maju bila ekonomi kerakyatan kita tidak berkembang dengan baik,” kata walikota. Selain itu imbuh walikota lagi, KPPI harus memberikan pencerahan kepada masyarakat agar partisipasi mereka meningkat pada saat berlangsungnya pesta demokrasi. Pasalnya, partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam mendukung suksesnya pesta demokrasi tersebut. “Dengan pencerahan yang diberikan KPPI tersebut, semoga dapat merubah paradigma di tengah masyarakat yang selama ini beranggapan bahwa politik selalu berkaitan dengan uang,” harapnya. (put/rol)

Medan | Jurnal Asia Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut sepertinya kesulitan dalam menangani kasus dugaan korupsi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online. Meski terus dilidik, namun dari seluruh orangtua murid yang dimintai keterangan tidak ada seorang pun yang mengaku memberikan uang kepada pihak tertentu untuk memasukkan anaknya masuk ke SMA 2 dan 13 Medan. “Tidak ada yang mau mengaku ngasih uang, jadi sulit mengungkapnya. Tapi kasusnya masih kami lidik terus,” ujar Kanit Tipikor Polda Sumut, Kompol Purwanto, Senin (12/2). Selain terkendala hal itu, sebut Purwanto, penyidik juga kesulitan untuk mencari barangbukti dalam kasus dugaan tindak korupsi di PPDB online di SMA Negeri 2 dan 13 Medan. “Namun kami terus melakukan penyelidikan untuk membongkar kuat dugaan adanya tindak pidana korupsi PPDB online 2017. Terus kita proses, sabar ya,” sebut Purwanto. Sekadar mengingatkan, kasus dugaan korupsi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online sudah ditangani Poldasu sejak Desember 2017. Penyidik telah memeriksa beberapa saksi di antaranya mantan kepala sekolah SMA 2 dan 13 Medan. Selain itu, polisi juga telah memintai sejumlah orangtua murid bahkan para komite kedua sekolah favorit itu. Tapi hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam penyelidikan dan belum masuk penyidikan. Sebelumnya, Kasubbid Penmas Poldasu AKBP MP Nainggolan mengatakan kasus tersebut masih dalam penyelidikan. “Belum ada perubahan masih dalam penyelidikan, nanti kalau ada perubahan, akan saya kabari,” kata Nainggolan. (ial/rol)


4

selasa 13 februari 2018

PENTAS PILKADA

Mendagri Imbau Kepala Daerah Hindari Area Rawan Korupsi Jakarta | Jurnal Asia Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau agar kepala daerah tidak memiliki pikiran untuk mengambil keuntungan dalam jabatannya yang bisa bermuara pada kasus korupsi. Hal ini diungkapkan karena komisi pemberantasan korupsi (KPK) lagi-lagi melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Ngada akhir pekan kemarin. Tjahjo mengatakan, semua kepala daerah dari tingkat Bupati, Walikota, dan Gubernur harus bisa menghindari area yang memang rawan korupsi seperti perencanaan anggaran, belanja barang dan jasa, atau jual beli jabatan di daerahnya. “Dan kalau memang sudah tersangkut siapapun untuk lebih kooperatif terhadap penegak hukum dan mengikuti proses penyelidikan,” ujarnya di Istana Negara, Senin (12/1). Terkait pengumpulan dana menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018, Tjahjo menyebut bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar melakukan pemantau terhadap jalannya Pilkada di semua daerah. KPU dan Bawaslu diminta bisa lebih sensitif jika ada politik uang dalam kampanye, karena bisa saja uang yang digunakan berasal dari hasil korupsi. Selain itu KPU dan Bawaslu pun diminta

menertibkan pasangan dan para pendukungnya yang melakukan kampanye menggunakan isu SARA berbau itnah. Menurut Tjahjo, kejadian penangkapan oleh KPK yang menimpa sejumlah daerah yang akan maju dalam Pilkada serentak sebagai tolak ukur pengumpulan anggaran dana menjelang pemilihan umum. Sebab masih banyak calon dari kepala daerah yang akan ikut Pilkada membiayai Pilkada melalui anggaran yang bersih. Terkait dengan dukungan partai, Tjahjo menuturkan bahwa dukungan bagi salah satu calon bisa berlaku ketika calon sakit, berhalangan tetap, atau sudah mendapatkan keputusan hukum yang tetap jika memang dia tersangka. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Ngada 2015-2020 Marianus Sae sebagai tersangka tindak pidana korupsi suap terkait proyek pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Marianus diduga menerima suap dari direktur PT Sinar 99 Permai (S99P) Wilhelmus Iwan Ulumbu. “Setelah melakukan pemeriksaan 1 x 24 jam, dilanjutkan gelar perkara disimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi memberikan atau menerima hadiah atau janji kepada Bupati Ngada terkait proyek-proyek di Kabupaten Ngada,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Senin. (rep/rol)

Poldasu dan Pemprovsu Tandatangani NPHD Keamanan Pilkada Medan| Jurnal Asia Kapolda Sumut Irjen Paulus Wa t e r p a u w m e l a k s a n a k a n Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemprov Sumut dengan Polda Sumut, tentang Hibah Dana Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wagub Prov Sumut Tahun 2018, bertempat di Kantor Gubernur Jalan Diponegoro No. 30, Medan. “Maksud dan tujuan penandatanganan ini sebagai pedoman para pihak dalam rangka Pengamanan Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018. Juga untuk mendukung dan mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wagub Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018,” ujar Paulus, Senin (12/2). Orang nomor satu di Polda Sumut ini mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Tengku Erry Nuradi yang telah memberikan Hibah Dana Pam Pilkada, dimana hari ini telah dilaksanakan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemprov Sumut dengan Polda Sumut. “Tiga hari ke depan masa tenggang apabila Paslon yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) akan menempuh jalur hukum, dan besok, Selasa (13/2) akan dilaksanakan Pengundian Nomor Urut Paslon Gubsu & Wagub Sumut,

Jurnal Asia | Ist PENANDATANGANAN NPHD. Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw (kanan) bersalaman dengan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi usai penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terkait pengamanan Pilkada. serta tanggal 15 Februari 2018, sudah memasuki masa kampanye,” kata Paulus. Jenderal bintang dua tersebut memastikan, sampai saat ini situasi Kamtibmas cukup aman dan terkendali. Walaupun ada Paslon yang TMS, yakni JR Saragih - Ance Selian, kata Paulus, mereka tetap mengawal seluruh kegiatan tahapan Pilkada hingga selesai, agar tetap berjalan dengan aman dan damai. Sementara itu, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi memberikan bantuan dukungan anggaran kepada KPU, Bawaslu dan aparatur negara, termasuk Polda Sumut, agar seluruh kegiatan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Provinsi Sumut, dapat

berjalan aman, lancar dan damai. Adapun yang hadir dalam penandatanganan ini adalah Gubernur Sumut, Asisten Pemerintah Setda Provinsi Sumut, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sumut yang meliputi Sekertaris Badan Kesbangpol Provinsi Sumut, Kepala Biro Hukum Setdaprov Sumut, Kepala Biro Otda Setdaprov Sumut, dan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut. Sedangkan dari Polda dihadiri langsung Kapolda Sumut, Karo Ops Polda Sumut, Dir Intelkam Polda Sumut, Dir Pam Obvit Polda Sumut, Dansat Brimob Polda Sumut dan Kabid Humas Polda Sumut. (ial)


selasa 13 Februari 2018

5

EDUKASI

Politeknik Wilmar Gandeng BMI

Dorong Mahasiswa jadi Wirausaha Muda Medan | Jurnal Asia Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI) menjadi kampus pertama di Sumatera yang bermitra dengan Bank Mahasiswa Indonesia (BMI). “Kami sepakat pengembangan dan pendidikan entrepreneur itu harus bekerjasama dengan semua pihak, salah satunya dengan Bank Mahasiswa Indonesia,” kata Direktur Politeknik WBI Aldon MHP Sinaga MMA, kemarin pada E-Fest Festival of Creativity 2018 di kampus itu Jalan Batu Sihombing Medan Estate. Disebutkannya, event berlang sung sejak Rabu (7/2) itu diisi dengan seminar nasional tentang kewirausahaan untuk mengenalkan BMI kepada siswa dan mahasiswa. Ta m p i l s e b a g a i n a r a s u m b e r Direktur sekaligus Founder Bank Mahasiswa Indonesia Rizki Adam mengupas program pembiayaan wirausaha muda dan mengulas tentang inkubator dan seed funding (pembiayaan awal). Selain itu Cluster Manager Bank Mandiri Jhon Erland turut tampil sebagai narasumber di seminar yang diikuti 50 mahasiswa dari 10 perguruan tinggi se- Sumut dan dan 300 siswa SMA sederajat dari 75 sekolah. Seminar dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Politeknik WBI dan BMI. Melalui MoU yang dijalin itu,

Politeknik WBI akan bisa menjadi ambassador atau perwakilan dari BMI di Sumut bahkan di Pulau Sumatera. Ini lantaran Politeknik WBI perguruan tinggi pertama di Sumatera yang bermitra dengan BMI dan menyosialisasikan programnya. Di Indonesia, kata Aldon, sudah 14 kampus yang teken MoU dengan BMI. Tahun ini akan ada 40 kampus yang menjalin kerjasama tersebut. Untuk Sumut baru Politeknik WBI yang menandatangani MoU dengan BMI. Aldon menuturkan, salah satu problem dalam ‘start up’ kewirausahaan adalah permodalan. Sebagai salah satu solusi saat ini hadir BMI. Dijelaskannya, BMI memberi seed funding. Kalau sudah mandiri, mahasiswa yang berwirausaha itu bisa ambil dana ke bank swasta yang besar. Tujuan kerjasama ini adalah untuk membantu mahasiswa merintis wirausaha. Nantinya semua mahasiswa boleh manfaatkan fasilitas BMI di Politeknik WBI. Menurutnya, perkembangan dan pendidikan entrepreneur bukan tanggung jawab Politeknik WBI saja, melainkan tanggungjawab semua pihak. Itu sebabnya, Politeknik WBI mengundang beberapa sekolah dan kampus untuk kembangkan entrepreneur. Direktur sekaligus Founder BMI Rizki Adam menjelaskan, pihaknya membantu mahasiswa Indonesia

Jurnal Asia | swisma SERAHKAN PLAKAT. Direktur di Wilmar Grup Thio Ida menyerahkan plakat kepada Direktur & Founder BMI Rizki Adam disaksikan Direktur Politeknik WBI Aldon MHP Sinaga MMA usai seminar tentang kewirausahaan kepada mahasiswa dan siswa SMA se kota Medan. untuk memulai wirausaha sedini mungkin melalui pinjaman modal. “BMI merupakan inkubator bisnis untuk mahasiswa dan pelajar seluruh Indonesia. Kehadiran kami untuk bantu mahasiswa untuk menjadi pengusaha melalui inkubator. Untuk

itu kami bekerjasama dengan kampuskampus seluruh Indonesia untuk bisa buka inkubator di kampusnya,” tuturnya. Selain seminar nasional tentang kewirausahaan, E-Fest di Politeknik WBI juga diisi dengan expo gagasan

KJRI Songkhla Dukung UMSU Terima Mahasiswa Thailand Medan | Jurnal Asia Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Songkhla, Thailand siap mendukung upaya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) untuk menerima lebih banyak mahasiswa asal Thailand Selatan melanjutkan studi di UMSU khususnya, ataupun universitas lain di Indonesia. Kepala Humas UMSU Ribut Priadi menyebutkan, dukungan tersebut diberikan Konsul Indonesia di Songkhla, Triyogo Jatmiko pada kegiatan Melayu Day 2018 Yala, Thailand Selatan. “Kami senang dengan dukungan yang diberikan KJRI Songkhla dan mengikutsertakan UMSU sebagai satu-satunya peserta asal Sumut

dalam even tahunan terbesar di kawasan Thailand Selatan ini,” kata Ribut di kampus tersebut Jalan Mukhtar Basri Medan, Senin (12/2) Disebutkan Ribut, pada ajang itu, Konsul Indonesia di Songkhla, Triyogo menyatakan pihaknya siap memfasilitasi kegiatan untuk bisa memperkenalkan Indonesia di bidang pendidikan yang menjadi sektor penting, karena masyarakat Thailand merasa sangat dekat dengan Indonesia “Masyarakat Thailand pada dasarnya sangat antusias melanjutkan pendidikan ke Indonesia. Untuk itu kita harus banyak memberikan informasi tentang keberadaan universitas di Indonesia termasuk UMSU yang mestinya bisa lebih banyak menarik jumlah mahasiswa asal Thailand Selatan karena dari segi jarak relatif

Jurnal Asia | ist KUNJUNGI STAND UMSU. Konsul Indonesia di Songkhla, Triyogo Jatmiko (kanan) saat berkunjung ke stand UMSU pada pameran pendidikan dalam kegiatan Melayu Day 2018 Yala, Thailand Selatan.

lebih dekat,“ kata Ribut menirukan pengakuan Triyogo. Dia juga mengapresiasi UMSU yang selama beberapa tahun belakangan ini aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang difasilitasi KJRI di Songkhla. “Apa yang dilakukan UMSU dengan mengikuti even pameran pendidikan dan pengiriman mahasiswa melaksanakan KKN internasional di Thailand merupakan langkah positif untuk lebih memperkenalkan perguruan tinggi kepada masyarakat di Thailand,” ujarnya. Disebutkan, sebanyak 11 mahasiswa asal Tahailand saat ini melanjutkan studi di UMSU. Namun menurut Triyogo jumlah tersebut masih perlu ditingkatkan mengingat potensi dan antusias masyarakat muslim Thailand untuk melanjutkan studi di Indonesia begitu tinggi. “Bukan Cuma yang berkaitan dengan penddidikan agama Islam, saat ini program studi lain semial ekonomi atau perbankan syariah juga salah satu yang bisa menarik perhatian. Intinya pihak universitas juga harus mengembangkan prodi unggulan yang bisa dijual untuk mahasiswa internasional,” katanya. Triyogo juga mengingatkan, pentingnya pelayanan bagi mahasiswa internasional yang melanjutkan studi di perguruan tinggi di Indonesia. “UMSU sebagai salah satu perguruan tinggi penerima program beasiswa Muhammadiyah harus memberikan pelayanan maksimal dengan memfasilitasi calon mahasiswa internasionalnya, termasuk agar bisa mendapatkan visa pendidikan secara cepat, juga pelayanan tempat tinggal minimal satu semester sampai si mahasiswa asing merasa telah aman dan nyaman dengan suasana kampus,” katanya. (swisma)

kreatif dan inovatif, serta workshop kreatif. Selain itu disemarakkan dengan berbagai perlombaan seperti cosplay competition (kompetisi kostum unik), modern dance group competion, stand up comedy competition. (swisma)

500 Ribu Siswa Kesetaraan Terancam Putus Sekolah Jakarta | Jurnal Asia Sebanyak 568.171 siswa kesetaraan yang tersebar di 11 ribu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di seluruh Indonesia terancam kembali putus sekolah. Sebab, sejak 2017 siswa kesetaraan baik paket A, B atau C tidak mendapat Bantuan Operasional Pendidikan (BOP). Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud Wartanto menerangkan, pada 2017 lalu Kemendikbud memiliki program untuk menjaring dan mendata anak jalanan atau anak putus sekolah untuk dibujuk kembali bersekolah di kesetaraan. Namun sayang, program tersebut tidak dibarengi dengan BOP dari pemerintah. “PKBM selama satu tahun ini ngeluh karena gak ada duit operasionalnya. Kemungkinan terancam gak akan bisa diteruskan (proses belajar). Sementara, siswa keseteraan di PKBM kan gak dipungut SPP juga,” kata Wartanto, Senin (12/2). Dia mengatakan, sejak pertengahan 2017 pihaknya telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 500 miliar untuk BOP siswa kesetaraan kepada Kementerian Keuangan RI. Namun, hingga kini belum ada respons yang positif dari Kemenkeu. “Padahal kalau kita bicara bantu siswa miskin, gak mampu, ya merekalah (siswa kesetaraan) yang benar-benar perlu dibantu. Siswa di sekolah aja pasti dapat BOS, nah siswa kesetaraan enggak dapat BOP,” kata dia. Menurut dia, jika nanti dana tersebut disetujui Kemenkeu, maka seluruh siswa kesetaraan dapat mendapat bantuan senilai Rp 700 ribu sampai Rp 1,5 juta per siswa. Berdasarkan jenjang pendidikan siswa keseteraan tersebut. Merujuk pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) per Senin (12/2/18) untuk di kesetaraan paket A terdapat 69.905 siswa, paket B terdapat 242.004 siswa dan paket C ada 256.262 siswa. Menurut Wartanto, data tersebut bisa jadi terus meningkat setiap harinya. (rep}swm)


6

selasa 13 februari 2018

PERISTIWA Ngaku Dapat Bisikan Ghaib

Ibu Muda Bunuh Puteranya

Jurnal Asia | bowo DITEMBAK. Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna menunjukkan ketiga tersangka berikut barang bukti.

Residivis Bongkar Rumah Diterjang Timah Panas Medan | Jurnal Asia Petugas Unit Reskrim Polsek Sunggal menghadiahi timah panas kepada seorang residivis pencurian dengan pemberatan (curat) kambuhan yang kembali melakukan pencurian. Tersangka yang roboh setelah peluru menerjang kakinya yakni, Dharma Yusuf Tarigan alias Usuf usianya 38 tahun, warga Jl.Tani Asli Dusun II Kecamatan Sunggal. Selain itu, polisi juga membekuk 2 tersangka lain, Nelson Efendy Siahaan alias Fendy (39), dan penadah barang curian, Bambang Harianto (40) penduduk Jl Pancing, Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli. “Ketiga tersangka ini merupakan sindikat pencurian spesialis rumah yang beraksi di Jalan Inpres Gangg Sangkot Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal,” ujar Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna didampingi Kanit Reskrim Iptu Budiman Simanjuntak kepada wartawan, Senin (12/2). Ia menjelaskan, dalam aksi pencurian yang terjadi di rumah korban, Elida Mauliana (40), pada Rabu (31/1) pagi lalu. Komplotan pencuri ini berhasil menggasak 1 genset 4.500 watt, 1 unit TV, 2 unit pompa air, 1 buah ampli, 2 unit VCD Samsung, 2 loudspeaker besar, 2 loudspeaker kecil, ambal, tikar, gelas, sprei, termos nasi, bad cover, blender, dan alat-alat rumah tangga lain. “Korban yang menyadari rumahnya dibobol maling kemudian membuat laporan ke kita, dan personel lalu melakukan penyelidikan lebih lanjut,” kata Wira. Alhasil, polisi yang melakukan penyelidikan

mengidentifikasi para pelakunya. Sejurus kemudian, lanjut Wira personel bergerak melakukan penangkapan. “Saat dilakukan penangkapan terhadap tersangka Dharma Yusuf, ia melakukan perlawanan, sehingga terpaksa personel memberikan tindakan tegas terukur untuk melumpuhkannya,” jelasnya. Dalam penangkapan ini, polisi mengamankan barang bukti 1 unit mesin genset merk Fumitsu 4500 Watt, TV warna hitam merk Hitachi, ampliier merk Teac dan 1 buah tikar. “Untuk kedua tersangka pencuri Agus dan Nelson diganjar dengan Pasal 363 Kuhpidana dengan ancaman hukuman 9 tahun kurungan penjara, dan untuk penadahnya Bambang, dikenakan Pasal 480 Kuhpidana,” tandasnya. Tembak Pelaku Pencurian Di tempat terpisah, unit Reskrim Polsek Patumbak terpaksa menembak kaki pelaku spesialis pencurian rumah, karena berupaya melawan saat akan diamankan, kemarin. Setelah ditangkap, pelaku mengaku kalau dia yang membobol kediaman Heriza Putra di Jalan Topaz IV Desa Sigaragara Patumbak, 30 November 2017 silam. Saat kejadian, korban sebelumnya menginap di rumah orangtuanya, berangkat untuk mengantar anaknya ke sekolah.Sepulang dari sekolah anaknya, korban kembali ke rumah pribadinya yang terletak persis di depan rumah orangtuanya. Korban hendak membereskan rumah karena baru pindah ke rumah tersebut. Namun dia kaget karena mendapati pintu belakang yang

terbuka dan beberapa barang telah hilang. Pelaku membawa kabur sejumlah barang seperti, 1 unit TV merk Samsung 32 inch, 1 unit TV merk LG 22 inch, 1 unit playstation 3 dan 1 unit tabung gas 3 Kg, dengan kerugian ditaksir berkisar Rp7.000.000. Kapolsek Patumbak, Kompol Yasir Ahmadi, melalui Kanit Reskrim, Iptu M Ainul Yaqin mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa tersangka hendak menjual hasil kejahatannya. Mereka kemudian melakukan undercover buy. Setelah melihat tersangka dan barang bukti, pihaknya langsung menangkap pelaku. “Saat kami hendak melakukan pengembangan ke lokasi lain untuk mencari pelaku lain atas nama Tompel, tersangka berusaha kabur dengan cara mendorong seorang personel dan memanfaatkan celah kecil diantara personel untuk lari,” ujar Yaqin, Senin (12/2). Dikatakan Yaqin, personel kemudian mengejar tersangka dan melakukan tembakan imbauan ke atas, namun tidak dihiraukan. Tersangka tetap berusaha melarikan diri. Akhirnya petugas memberikan tindakan tegas dan terukur yang mengenai kaki kanan tersangka. “Kami masih memburu pelaku lain atas nama Tompel. Sementara pelaku yang diamankan akan kami jerat dengan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara,” tukas Yaqin. (bowo/ial/hut)

Terhimpit Beban Ekonomi

Ayah Empat Anak Tewas Gantung Diri Medan | Jurnal Asia Sulitnya ekonomi, membuat Susilo (30) gelap mata. Ayah empat anak itu nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri dengan seutas tali di kamar rumah orang tuanya di Jalan Medan Batang Kuis, Pasar X, Dusun XIV, Desa Bandar Klippa, Percut Sei Tuan. Aksi nekat Susilo, terjadi Minggu (11/2) sore. Sebelum ditemukan tewas, Sabtu (10/2) kemarin, Susilo yang tinggal bersama istri dan ke empat anaknya di Jalan Deli Tua, mendatangi rumah orang tuanya. Setiba di rumah orang tuanya, Susilo sempat meminta tolong sama Ngadiem, nenek kandungnya, untuk meminta uang sebesar

Rp500 ribu kepada Nur, yang tak lain kakak kandungnya. Usai meminta tolong, lantas Susilo menitip pesan kepada keluarganya dengan menyebutkan,”Tolong jaga anak ku jika aku tiada.” Pada Minggu sore, keluarga korban terkejut ketika mengetahui ayah empat anak itu ditemukan tewas tergantung di kamar rumah orang tuannya. Temuan itu kemudian diberitahukan kepada warga lainnya, dan diteruskan ke pihak Kepolisian Polsek Percut Sei Tuan. Selanjutnya petugas bersama tim identifikadi Polrestabes Medan, datang ke lokasi dan melakukan olah tempat kejadian

perkara (TKP). Usai dilakukan olah TKP, lantaran ditubuh korban tidak ditemukannya tanda bekas penganiayaan, akhirnya keluarga korban meminta agar jasad Susilo tidak dilakukan visum. Setelah membuat surat pernyataan tidak keberatan atas kematian korban, jasad ayah empat anak itu pun diserahkam kepihak keluarga. Sementara informasi terakhir yang dihimpun di lokasi kejadian, para tetangga menyebutkan, diduga kematian dengan aksi nekatnya itu karena putus asa lantaran hutang sewa rumah yang harus dibayar. (hendra/hut)

Semarang | Jurnal Asia Heboh di Kabupaten Batang, Jawa-Tengah. Seorang ibu muda tega membunuh bocah lelaki balita anak kandungnya sendiri hanya gara-gara mendapat bisikan ghaib. Bocah lelaki malang berusia 2,5 tahun itu ditemukan tewas, Minggu (11/2). Di tubuh korban terdapat sejumlah luka memar di kepala, cakaran di sekujur tubuh dan tenggorokan patah akibat dicekik. Pelaku pembunuhan keji itu ternyata sang ibu sendiri NR yang masih berusia 16 tahun. Pembunuhan ini terungkap, berawal dari kecurigaan Ibu mertua karena pelaku berpura-pura kehilangan anak balitanya. Pelaku bahkan pura-pura mencari korban ke tempat saudara dan tetangganya. Karena curiga, ibu mertua bersama warga mencari korban di kamar. Saat itu saksi dan sejumlah warga mendapati satu kamar dalam keadaan terkunci. Pintunya digembok dari luar. Ibu mertua yang sudah curiga akhirnya mendobrak pintu kamar dibantu warga. Begitu pintu kamar terbuka , saat itulah korban ditemukan tergeletak di tempat tidur dalam keadaan tak bernyawa. Dalam sekejab kejadian itu membuat gempar warga setempat. Saat itu pelaku sedang pura-pura mencari korban di rumah saudaranya. Kejadian tersebut secepatnya dilaporkan ke Polsek Subah. Mendapat laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Subah langsung mendatangi lokasi kejadian bersama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Subah. (pkc/hut)

Ibu dan Dua Anak Dihabisi Suami Luka Parah Tangerang | Jurnal Asia Suasana di Perumahan Taman Kota Permai II, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, mendadak heboh. Pasalnya, tiga penghuni salah satu rumah komplek tersebut ditemukan tewas berpelukan di kamar tidur. Ny.Ema (40), serta kedua anaknya yakni Nova (23) dan Tiara (13) tewas dengan luka tusuk di sekujur tubuhnya. Selain ibu dan anak, polisi mendapati suami korban, Efendi (60), terluka. Pria yang berprofesi sebagai pedagang kelontong itu ditemukan di kamar kedua rumah korban. Efendi mengalami luka tusuk dan dilarikan ke RS Sari Asih, Sangiang, Kota Tangerang. “Efendi merupakan suami ketiga ibu Ema. Anak yang tewas semuanya beda bapak,” kata Parti (35), tetangga korban. Menurut Parti, Ema dan kedua anaknya sudah lama tinggal di Blok B6 Nomor 5, Perumahan Taman Kota Permai II. Selama ini tetangga mengenal sosok Ema sebagai pedagang pakaian di Pasar Tanah Tinggi, Kota Tangerang. “Meski tertutup, ibu Ema dikenal baik dengan tetangga. Setiap harinya berdagang pakaian,” ucap Parti. Namun pada Senin (12/2), Ny Ema yang setiap harinya beraktivitas tak terlihat . Begitu juga Efendi, suami serta anak tirinya. Mobil Toyota Ayla masih terparkir di teras rumah. Hal itu membuat tetangga curiga, terlebih sempat mendengar jeritan pada diniharinya. “Saya bersama Pak RT dan Pak RW akhirnya memberanikan diri masuk ke rumah, karena sudah seharian keluarga itu tak juga keluar rumah,” ungkap Parti. Selama bertetangga, lanjut Parti, dirinya kerap mendengar pasangan suami-istri tersebut cekcok mulut. Namun Parti tak berkomentar lebih jauh perihal penyebab keributan di dalam rumah tersebut. “Namanya rumah tangga, pasti ada saja ributnya,” ujarnya. Polres Metro Tangerang hingga kini masih melakukan penyelidikan terkait pembunuhan sadis satu keluarga tersebut. Polisi pastikan tak ada barang berharga milik korban yang hilang. “Motifnya masih sedang didalami. Korban selamat belum bisa dimintai keterangannya,” kata Kapolres Kombes Harry Kurniawan di lokasi. (pkc/hut)


selasa 13 februari 2018

7

NASIONAL Kapolri:

KASUS OTT BUPATI NGADA. Penyidik KPK menunjukan barang bukti saat Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (kiri) memberikan keterangan pers mengenai OTT Suap Bupati Ngada di gedung KPK, Jakarta, Senin (12/2). KPK menetapkan dua tersangka yang terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yaitu Bupati Ngada yang juga bakal calon Gubernur NTT Marianus Sae dan Dirut PT Sinar 99 Permai Wilhelmus Iwan Ulumbu atas kasus dugaan suap dengan total Rp4,1 miliar terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT).

RI Market Point Bandar Narkoba

Antara |Aprillio Akbar

KPK Warning Incumbent Jauhi Korupsi Jakarta | Jurnal Asia Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Pandjaitan mengingatkan kembali kepada seluruh kepala daerah khususnya yang maju dalam Pilkada Serentak 2018 untuk tidak melakukan korupsi. KPK tak segan menangkap mereka yang melakukan tindakan koruptif. “Khususnya kepada incumbent agar tidak terjebak dalam poltik uang dan agar para calon mengikuti kontestasi politik secara bersih dan beretika,” kata Basaria dalam konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin, 12 Februari 2018. Basaria menyesalkan kepala daerah kembali tertangkap dalam operasi tangkap tangan. Padahal sudah seringkali diingatkan. “Sekali lagi KPK sangat menyesalkan peristiwa dugaan suap terhadap kepala daerah yang masih terus berulang,” kata dia. KPK menangkap tangan Bupati Ngada Marianus Sae pada Minggu, 11 Februari 2018. Dia diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. “Diduga penerimaan suap ini terkait fee proyek yang kemudian digunakan oleh kepada daerah untuk membiayai kampanye pilkada,”

beber dia. Marianus Sae diduga menerima uang senilai Rp4,1 miliar dari Direktur Utama PT Sinar 99 Prima, Wihelmus Iwan Ulumbu. Marianus sempat menjanjikan proyek di Kabupaten Ngada senilai Rp54 miliar. Sebelumnya, Marianus Sae berencana maju dalam Pemilihan Gubernur (pilgub) Nusa Tengsara Timur 2018. Dia dipasangkan dengan Emi Nomleni. Keduanya diusung PDIP dan PKB. PDIP Tarik Dukungan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mencabut dukungan untuk Marianus Sae sebagai calon gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT). Keputusan itu menyusul operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menjaring Marianus, Minggu (11/2). Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya sebagai pengusung Marianus pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT tetap konsisten untuk tidak menoleransi korupsi. “Partai bersikap tegas dan tidak akan melanjutkan dukungan kepada yang bersangkutan,” kata Hasto, Senin (12/2). Dengan pencabutan dukungan bagi Marianus Sae, maka Emiliana Nomleni menjadi

representasi PDI Perjuangan. “Penggantian pencalonan Marianus Sae sudah tidak bisa dilakukan,” tegasnya. Hasto menambahkan, DPP PDIP sudah berulang kali menegaskan bahwa partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan memecat kadernya di eksekutif ataupun legislatif yang korupsi. Sayangnya, masih ada kader PDIP yang nekat melanggar hukum. Marianus berpasangan dengan Emilia J Nomleni di Pilgub NTT. Emilia merupakan kader PDIP dan satu-satunya calon perempuan. Sedangkan Marianus Sae tercatat baru masuk sebagai anggota PDI Perjuangan. Sebelumnya, Marianus merupakan politikus Partai Amanat Nasional (PAN). “Ada indikasi keanggotaan ganda,” katanya. Hasto menambahkan, dirinya pada 9-11 Februari lalu berkeliling NTT untuk konsolidasi pemenangan Marianus-Emilia. Namun, politikus asal Yogyakarta itu mengaku tak melihat Marianus hadir pada acara konsolidasi. “Tidak pernah sekalipun hadir dalam acara konsolidasi tersebut,” sesal Hasto. (jp/mtv/put)

Jakarta | Jurnal Asia Tim Satgas Khusus Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya kembali menorehkan keberhasilan dalam mengungkap 240 kg sabu jaringan Malaysia. Pengungkapan ini patut mendapat acungan jempol, tapi di sisi lain menunjukkan ironi bahwa Indonesia menjadi sasaran pasar jaringan narkotika internasional. “Pengungkapan ini menunjukkan di samping keberhasilan kita meningkat, (juga) menunjukkan juga bahwa Indonesia betul-betul menjadi market point, jadi destination (tujuan jaringan narkotika) bukan hanya transit point,” kata Kapolri Jenderal HM Tito Karnavian kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/2/2018). Meningkatnya kelas menengah di Indonesia dinilai menjadi salah satu faktor masih tingginya angka peredaran narkotika di Indonesia. Di sisi lain, Indonesia sebagai negara yang terdiri dari pulau-pulau memudahkan jaringan mengirimkan narkotika. “Dan mungkin longgarnya wilayah kita mereka bisa masuk melalui laut, juga melalui udara, sehingga ini barang-barang bisa masuk ke Indonesia,” tuturnya. Kapolri menyampaikan apresiasinya kepada tim yang berhasil mengungkap penyelundupan sabu via mesin cuci ini. Tetapi di sisi lain, ia juga prihatin. “Bahwa kita menjadi daerah tujuan dan ini bisa membahayakan generasi muda kita, bangsa kita,” ucapnya. Jaringan 240 kg sabu dari Malaysia ini berhasil diungkap tim Satgas Khusus Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Kombes Pol Herry Heryawan serta Kombes Pol Suwondo Nainggolan, berkat kerja sama dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM). Dalam kasus ini, tim menangkap tiga tersangka, yakni Joni alias Marvin Tandiono, Andi alias Aket, dan Indrawan alias Alun (narapidana di LP), serta WN Malaysia yang menjadi bandar, yakni Lim Toh Hing, yang ditembak mati. Tito menegaskan pihaknya akan terus mengintensifkan memberantas narkoba secara komprehensif. Pihaknya akan meningkatkan kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), Bea-Cukai, dan TNI dalam mengungkap kasus ini. (dtc)

Skandal e-KTP

Novanto Seret Nama SBY di Fakta Persidangan Jakarta | Jurnal Asia Mantan Ketua DPR, Setya Novanto, membantah tuduhan sejumlah pihak yang menyebut adanya rekayasa terkait mencuatnya nama Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sidang perkara dugaan korupsi proyek e-KTP yang menyeretnya sebagai terdakwa. Novanto menegaskan mencuatnya nama SBY merupakan fakta persidangan. Mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menyatakan, mencuatnya nama SBY disebut oleh Mirwan Amir yang dihadirkan sebagai saksi. Menurutnya, hal ini wajar karena saat proyek e-KTP bergulir di DPR, Mirwan Amir menjabat sebagai Wakil Ketua Banggar DPR dari Fraksi Demokrat. “Ya itu kan semua dalam persidangan. Jadi memang Mirwan Amir lebih tahu karena dia waktu itu dari Demokrat,” kata Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (12/2). Untuk itu, Novanto menyatakan, jika ada pihak yang

keberatan dengan munculnya nama SBY seharusnya diklarifikasi kepada Mirwan Amin. Novanto sendiri mengaku baru mengetahui nama SBY ini saat persidangan bergulir. “Perlu dipertegas dari Mirwan Amir, karena kan beliau yang tahu perkembangan saat SBY jadi presiden. Saya sendiri baru tahu kemarin ya cukup kaget juga. Kebenaran-kebenaran itu harus kita klariikasi kepada Mirwan Amir secara jelas,” kata Novanto. Novanto menegaskan pihaknya bersama tim kuasa hukum hanya berupaya mencari kebenaran dalam proses persidangan ini. Untuk itu, Novanto membantah tegas tudingan sejumlah pihak yang menyebutnya melakukan pemufakatan jahat untuk menyeret nama SBY. “Saya kan baru tahu juga di persidangan. Mirwan bicara demikian. Kemudian itu dipertanyakan Pak Firman (Firman Wijaya, pengacara Novanto). Pak

Firman ingin klarifikasi kebenarannya. Waktu saya tanya apa Pak Firman sudah tahu masalah itu, dijawab belum. Saya klariikasi kemudian klariikasi juga soal itu. Jadi tak tahu sama sekali,” kata Novanto. Lagipula, lanjut Novanto, sebelum Mirwan bicara dalam persidangan, mantan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi juga telah menyebut nama SBY. Demikian juga halnya dengan rapat-rapat yang digelar di kantor Wakil Presiden terkait permasalahan e-KTP. “Dalam sidang sudah dijelaskan oleh Pak Gamawan selaku Mendagri. Itu dapat disimpulkan sendiri oleh wartawan,” kata Novanto. Kembalikan Uang Sementara itu, mantan Ketua Fraksi Demokrat Muhammad Jafar Hafsah mengaku pernah menerima uang Rp970 juta dari mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. Uang tersebut akhirnya dikembalikan ke

KPK setelah Jafar mengetahui berasal dari proyek e-KTP. Hal ini diungkapkan Jafar saat bersaksi dalam sidang korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (12/2). “Hampir Rp1 miliar saya terima, dipakai untuk operasional fraksi,” ujar Jafar. Jafar mengatakan, Nazaruddin saat itu tak menyampaikan informasi terkait sumber uang tersebut. Belakangan ia baru mengetahui uang itu berasal dari proyek e-KTP. Jafar pun mengaku mengembalikan uang itu ke KPK dengan susah payah. Pasalnya, selain digunakan untuk kepentingan operasional fraksi sebagian uang itu telah digunakan untuk membeli satu unit mobil Toyota Land Cruiser. Ia akhirnya meminjam uang dari istri dan anaknya untuk mengembalikan uang ke KPK. “Saya pinjam dari tabungan saya, istri,

dan anak. Ada Rp200 juta dari anak tertua saya, Rp100 juta dari anak ketiga, dan Rp200 juta dari bank,” katanya. Nama Jafar dalam dakwaan terdakwa korupsi proyek e-KTP Irman dan Sugiharto disebut menerima uang US$100 ribu. Saat proyek e-KTP berjalan, Jafar menjabat sebagai ketua fraksi Demokrat di DPR menggantikan Anas Urbaningrum. Jafar bukan satu-satunya tokoh yang mengembalikan uang proyek e-KTP. Pada 2017, KPK juga telah menerima pengembalian kerugian negara dari proyek e-KTP senilai total Rp250 miliar. Sumber pengembalian itu berasal dari perseorangan dan pihak vendor pengadaan alat e-KTP. Juru bicara KPK Febri Diansyah saat itu menyatakan pengembalian uang tersebut tidak akan menghapuskan pidana orang yang bersangkutan. Namun, menurutnya, pengembalian uang ini bisa menjadi faktor untuk meringankan proses hukum yang berjalan. (cnn/put)


8

selasa 13 februari 2018

INTERNASIONAL

Pemburu Tewas Dilahap Kawanan Singa di Afsel

REUTER Regu penyelamat Rusia berusaha mencari mayat penumpang dan bagian pesawat Saratov Airlines yang jatuh tak lama setelah meninggalkan Moskow.

Pesawat AN-148 Milik Rusia Jatuh 71 Orang Tewas Moskow | Jurnal Asia Sebuah pesawat mengalami kecelakaan tak lama setelah bertolak dari Moskow, Rusia. Sebanyak 71 Orang yang berada dalam pesawat milik Saratov Airlines itu tewas dalam tragedi ini. Melansir Reuters, Minggu (11/2), manifest terdiri dari 65 penumpang dan 6 awak pesawat. Pesawat itu kemudian hilang dari radar, 10 menit setelah lepas landas dari Bandara Domodedovo, Moskow. Dari siaran televisi setempat, ditayangkan rekaman puing pesawat berada di permukaan dataran yang tertutup timbunan salju. “Puing pesawat telah ditemukan, tidak ada seorang pun yang selamat,” tulis media lokal TASS seperti dikutip Reuters. Pesawat itu seharusnya menuju Kota Orsk di wilayah Orenburg, yang berbatasan dengan Kazakhstan. Belum diketahui pasti terkait penyebab kecelakaan ini. Beberapa spekulasi soal penyebab kecelakaan sempat mencuat, seperti kesalahan pilot dan kondisi cuaca. Sisir Lokasi Kecelakaan Regu penyelamat Rusia berusaha mencari

mayat penumpang dan bagian pesawat Saratov Airlines yang jatuh tak lama setelah meninggalkan Moskow. Pihak berwenang Rusia mengatakan regu penyelamat berhasil menemukan kotak perekam suara kokpit dari pesawat penumpang Saratov Airlines yang jatuh tidak lama setelah tinggal landas dari Bandara Domodedovo, Moskow, Minggu sore waktu setempat (11/2). Pesawat hilang dari radar beberapa menit setelah lepas landas dan jatuh di dekat Argunovo, sekitar 80km dari Moskow. Hingga malam, tim evakuasi terus menyisir lokasi jatuhnya pesawat yang diselimuti salju. Potongan pesawat ditemukan di lahan yang diselimuti salju. Para pejabat Rusia, kepada media setempat, mengatakan seluruh penumpang dan awak, yang berjumlah 71 orang, meninggal dunia. Mereka terdiri dari 65 penumpang dan enam orang awak. Seluruh penumpang dilaporkan berkewarganegaraan Rusia. Pesawat penumpang jenis Antonov An-148 itu jatuh dalam penerbangan menuju kota Orsk di kawasan pegunungan Ural, dekat dengan

perbatasan dengan Kazakhstan. Pesawat lepas landas pada pukul 14:27 waktu setempat pada Minggu (11/2). Pesawat hilang kontak empat menit kemudian. Situs pelacak penerbangan Flightradar24 mengatakan pesawat turun dengan kecepatan 1.000m per menit, lima menit setelah lepas landas. Setelah hilang kontak, pesawat turun dengan kecepatan 1.000m per menit. Sejumlah saksi mata, kepada media Rusia, menceritakan bahwa pesawat terbakar ketika jatuh. Foto-foto dari lokasi jatuhnya pesawat menunjukkan puing-puing pesawat di lahan yang diselimuti salju. Kantor berita Tass mengutip seorang pejabat yang menyebutkan bahwa mayat-mayat ditemukan di dekat reruntuhan. Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga para penumpang dan awak kapal. Ia juga memerintahkan penyelidikan untuk mengetahui mengapa pesawat penumpang itu jatuh. Tahun lalu tercatat sebagai tahun paling aman bagi penerbangan komersial sebab tidak terjadi kecelakaan pesawat penumpang. (dc/van)

11 Kota di Dunia Terancam Air Bersih Jakarta | Jurnal Asia Sebelas kota di dunia terancam kehabisan air bersih. Ternyata, Jakarta termasuk salah satunya. Prediksi itu berdasarkan proyeksi dari PBB yang dilansir BBC, Senin (12/2). Berdasarkan proyeksi tersebut, kebutuhan dunia akan air bersih akan 40% lebih banyak dari kebutuhannya pada 2030. Kondisi itu akibat kombinasi perubahan iklim, perilaku manusia, dan pertumbuhan populasi. Pada survei terhadap 500 kota besar di 2014 lalu, 1 dari 4 kota ada dalam kondisi krisis air. Di dunia, lebih dari 1 juta orang kekurangan air dan 2,7 juta lainnya mengalami kelangkaan air setidaknya 1 bulan dalam setahun. Berikut 11 kota yang diprediksi bakal kekurangan air minum, seperti dilansir BBC: 1. Sao Paulo Sao Paulo adalah ibukota Brasil dan 1 dari 10 kota paling padat di dunia. Sao Paulo pernah mengalami keadaan saat reservoir utama mereka 4% di bawah kapasitas. Saat itu, polisi sampai harus mengawal tangki berisi air bersih untuk warga. Krisis air itu seakanakan selesai pada 2016 namun di kondisi serupa terulang di Januari 2017. Masa depan air minum di kota itu makin tidak pasti lagi. 2. Bangalore Pertumbuhan di Bangalore, sebuah kota di sisi selatan India, tidak diimbangi dengan pengelolaan sistem air dan limbah. Sebuah laporan

menunjukkan bahwa kota itu kehilangan setengah kapasitas air minum jadi limbah. 3. Beijing Pada tahun 2014, tiap penduduk Beijing hanya menerima 145 meter kubik air per tahun. Padahal, Bank Dunia mengklasifikasikan kelangkaan air ketika orang-orang di suatu lokasi menerima kurang dari 1.000 meter kubik air per tahun. China hanya memperoleh 7% air bersih di dunia. Ada juga masalah polusi. Pada 2015, 40% air di permukaan Beijing tercemar hingga tidak bisa digunakan lagi. 4. Kairo WHO menyebut Mesir sebagai salah satu negara dengan jumlah kematian tinggi terkait polusi air.PBB memperkirakan akan ada kekurangan air yang kritis di sana pada 2025. 5. Jakarta BBC memasukkan Jakarta ke dalam daftar 11 kota yang terancam kehabisan air bersih. Salah satu problemnya adalah ancaman kenaikan permukaan air laut. Kelangkaan air bersih di Jakarta disebut makin parah akibat ulah manusia. Praktik penggalian sumur secara ilegal menguras air tanah. Bank Dunia menyebut 40% wilayah Jakarta sekarang berada di bawah air laut. Kondisi ini makin buruk karena akuifer di bawah tanah tidak terisi kembali akibat penuh struktur beton. 6. Moskow Seperempat jatah air bersih di dunia ada di Rusia tapi negara itu terimbas masalah polusi.

Pejabat yang berwenang mengakui bahwa 35-60% air minum di Rusia tidak memenuhi standar sanitas. 7. Istanbul Pejabat pemerintah Turki menyatakan negara tersebut krisis air. Pakar lokal sudah mengingatkan bahwa situasi ini bisa makin buruk hingga kelangkaan air pada 2030. 8. Mexico City Warga Mexico City sudah biasa dengan kekurangan air. 1 dari 5 orang hanya bisa menikmati air keran hanya beberapa jam dalam sepekan. Kota tersebut mengimpor 40% kebutuhan airnya. Kota itu juga kehilangan air sebanyak 40% karena masalah pipa. 9. London Jarangnya hujan di London membuat kota itu bergantung pada sungai untuk masalah air. Pejabat berwenang mengatakan bahwa kota itu bisa saja mengalami masalah penyediaan air pada 2025 dan kekurangan pada 2040. 10. Tokyo Masa-masa tanpa hujan di Tokyo bisa berujung pada kekeringan di bulan-bulan tertentu. Kini, sedikitnya 750 bangunan di Tokyo punya pengumpul air hujan. 11. Miami Miami adalah salah satu kota di AS yang paling sering hujan tiap tahunnya, namun tetap mengalami krisis. Ada masalah pencemaran di sumber air besih di Miami. (dc/van)

Johannesburg | Jurnal Asia Seorang pemburu gelap dilaporkan tewas diserang sekawanan singa liar di Afrika Selatan (Afsel). Tidak hanya diserang, pemburu gelap ini juga diyakini dimakan singa-singa liar karena hanya sedikit yang tersisa dari jenazahnya. Seperti dilansir AFP, Senin (12/2), sesosok jenazah ditemukan di kumpulan semak yang ada di kawasan dekat Taman Nasional Kruger, Afsel, pada Sabtu (10/2) pagi waktu setempat. Kepolisian setempat masih berusaha mengidentiikasi jenazah itu. Sesosok jenazah ini ditemukan di kawasan dekat Hoedspruit, Provinsi Limpopo, di mana banyak binatang yang diburu secara ilegal. Jumlah binatang yang diburu secara ilegal mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. “Tampaknya korban sedang berburu secara gelap di kawasan itu saat dia diserang dan dibunuh oleh singasinga. Mereka memakan jasadnya, nyaris semuanya, dan hanya meninggalkan tangan dan beberapa bagian lainnya,” tutur juru bicara Kepolisian Limpopo, Moatshe Ngoepe, kepada AFP. Sepucuk senapan berburu yang terisi penuh oleh peluru ditemukan di dekat jenazah itu. Tahun lalu, beberapa seekor singa ditemukan mati diracun di dekat sebuah peternakan di provinsi yang sama. Bangkai singa itu ditemukan dalam keadaan kepala dan telapak tangan dipotong. Di Afrika, bagian tubuh singa kerap dipakai untuk obat tradisional. Namun para pemburu gelap lebih sering menargetkan badak di Afsel untuk memenuhi permintaan tinggi cula badak di China, Vietnam dan beberapa negara Asia lainnya. Sama seperti bagian tubuh singa, cula badak juga diyakini manjur sebagai obat tradisional. (dc/van)

Ada Bom Sisa PD II

Bandara London Ditutup London | Jurnal Asia Temuan bom sisa Perang Dunia II memaksa penutupan sementara Bandara Kota London, Inggris. Bom sisa Perang Dunia II itu ditemukan di dekat Sungai Thames. Seperti dilansir AFP, Senin (12/2), bom sisa perang itu ditemukan di Dermaga King George V, dekat dengan landasan bandara yang ada di pusat kota London itu. Temuan terjadi saat pengerjaan konstruksi di lokasi pada Minggu (11/2) waktu setempat. “Zona larangan sejauh 214 meter telah diterapkan sebagai pencegahan oleh Kepolisian Metropolitan (London). Sebagai dampaknya, Bandara Kota London saat ini ditutup,” demikian pernyataan Otoritas Bandara Kota London. “Seluruh penumpang yang akan bepergian dari Kota London pada Senin (12/2) disarankan untuk menghubungi pihak maskapai untuk informasi lebih lanjut,” imbuh pernyataan itu. Bandara Kota London kebanyakan mengoperasikan penerbangan jarak dekat. Bandara yang merupakan bandara terbesar ke-5 di London ini berlokasi di London bagian timur, tepatnya dekat kawasan bisnis Canary Wharf. Bandara ditutup sementara sepanjang Senin (12/2) waktu setempat. “Bandara tetap ditutup pagi ini. Seluruh penerbangan dari dan ke Bandara Kota London pada Senin (12/2) dibatalkan,” ucap CEO Bandara Kota London, Robert Sinclair. Tidak diketahui berapa banyak penerbangan yang dibatalkan sepanjang Senin (12/2) ini. Kepolisian Metropolitan London menyatakan temuan bom sisa perang itu dilaporkan pada Minggu (11/2) dini hari waktu setempat. Penutupan bandara dan pemberlakuan zona larang diputuskan untuk memastikan keselamatan publik. “Memastikan bahwa objek itu ditangani dengan aman sambil membatasi risiko pada publik,” sebut kepolisian setempat. Bom sisa Perang Dunia II yang belum meledak itu ditangani oleh personel kepolisian khusus, bersama dengan personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Diketahui bahwa ribuan bom dijatuhkan di wilayah London oleh Angkatan Udara Jerman antara September 1940 hingga Mei 1941 silam. (dc/van)


selasa 13 Februari 2018

9

BISNIS Jadwal Penerbangan Penerbangan Jadwal Bandara Kualanamu Selasa, Kamis, 18 13 Februari 2016 2018

Garuda Indonesia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta GA 181 Jakarta GA 183 Jakarta GA 197 Jakarta GA 185 Jakarta GA 187 Jakarta GA 189 Jakarta GA 121 Jakarta GA 191 Jakarta GA 193 Jakarta GA 195 Banda Aceh GA 280 Surabaya GA 288 Palembang GA 266 Denpasar (via Palembang) Batam GA 270 Lampung (via Batam) GA 270 Lhokseumawe GA 7124 Sibolga GA 263 Sabang GA 7112 Gunung Sitoli GA 7116 Silangit GA 7136 Singapura GA 850

05.20 09.00 10.10 11.15 12.20 14.05 16.05 17.00 18.35 20.35 16.10 06.00 06.30 GA 266 09.20 09.20 09.55 07.30 08.50 07.00 13.20 13.30

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Banda Aceh Surabaya Palembang 06.30 Batam

GA 180 GA 194 GA 182 GA 184 GA 186 GA118 GA 188 GA 190 GA 192 GA 196 GA 281 GA 289 GA 267

08.00 09.10 10.15 11.20 13.05 15.10 16.00 17.30 19.35 22.10 18.55 19.40 16.30

JAM

GA 271

17.05

Lhokseumawe Sibolga Sabang Gunung Sitoli Silangit Singapura

GA 7125 GA 262 GA 7113 GA 7117 GA 7137 GA 851

12.15 15.20 12.10 08.20 15.20 11.45

Batik Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

09.15 12.45 18.45 05.00 11.00 18.00

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

ID 7015 ID 7013 ID 7021 ID 6884 ID 6886 ID 6890

ID 7014 ID 7012 ID 7016 ID 6881 ID 6885 ID 6891

JAM 18.00 19.35 22.25 10.20 11.50 17.20

AirAsia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

11.10 13.25 18.50 18.30 12.25 15.35 09.10 17.25 20.25 15.50 07.05 06.00

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

QZ 107 QZ 103 QZ 105 AK 299 QZ 123 QZ 125 AK 391 AK 393 AK 395 QZ 155 QZ 8041 QZ 8075

QZ 106 QZ 102 QZ 104 AK 298 QZ 122 QZ 124 AK 390 AK 392 AK 394 QZ 154 QZ 8040 QZ 8074

JAM 13.00 15.25 20.50 18.05 14.50 18.20 08.35 16.55 20.00 20.10 10.35 11.55

Wings Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

06.20 08.10 08.15 09.00 11.30 14.00 10.45 13.20 10.00 07.50 13.30 -

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

IW 1263 IW 1265 IW 1269 IW 1249 IW 1267 IW 1261 IW 1253 IW 1241 IW 1251 IW 1259 IW 1257 IW 1255

07.35 08.35 10.20 11.05 13.35 16.05 12.55 15.35 12.25 09.55 12.15 15.15

IW 1268 IW 1264 IW 1266 IW 1248 IW 1262 IW 1260 IW 1252 IW 1240 IW 1250 IW 1258 IW 1256 IW 1254

Antara | Sigid Kurniawan BERAS IMPOR. Pekerja beraktivitas di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Pemerintah bakal mengimpor beras sebanyak 500 ribu ton guna menambah pasokan beras nasional. Di Sumut 20 ribu beras ton asal Thailand dijadwalkan bakal masuk melalui Pelabuhan Belawan pada 17 Februari 2018 mendatang.

Pekan Ini, 20 Ribu Ton Beras Impor Masuk Sumut Jakarta | Jurnal Asia Sebanyak 20 ribu beras ton asal Thailand dijadwalkan bakal masuk ke Sumatera Utara (Sumut) melalui Pelabuhan Belawan pada 17 Februari 2018 mendatang. “Dari rencana 34.000 ton jatah Sumut, akan segera masuk 20.000 ton,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Alwin di Medan, Senin (12/2). Adapun sisanya menurut Alwin, belum dipastikan kapan akan masuk melalui Pelabuhan Belawan. Alwin menjelaskan, beras dari Thailand itu nantinya akan langsung dibongkar dari kapal dan disimpan di gudang Bulog, Sumut. Kepala Bulog Divisi Regional 1 Sumut Benhur Ngkaimi mnjelaskan, beras impor yang masuk melalui Pelabuhan Belawan itu akan menjadi cadangan stok gudang Bulog. Stok beras Bulog menurut dia, harus aman, seiring aktifnya Bulog melakukan operasi pasar. Operasi pasar bertujuan mengembalikan kestabilan harga beras di Sumut pada kisaran Rp9.500 hingga Rp10.000 per kg. Dari hasil

pantauan Disperindag Sumut, harga beras rata-rata di wilayah tersebut pada pekan ini masih di kisaran Rp11.217 per kg. Jaga Harga Gabah Sebelumnya Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, bakal menjaga pendapatan petani saat memasuki musim panen. Hal tersebut akan dilakukan dengan menjaga harga gabah kering petani tak berada dibawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang telah ditetapkan sebesar Rp3.700 per kilogramnya. “Intinya, kami menjaga petani agar harga jangan di bawah HPP. Kami juga membentuk tim sergap di daerah sentral produksi,”ujar Amran Saat ini, menurut Amran, panen padi sudah hampir menyeluruh di semua wilayah penghasil beras. Ia juga telah mengunjungi langsung sejumlah sentra produksi beras, seperti Garut, Sukabumi, dan Pati. Seiring panen tersebut, menurut dia, harga gabah kering petani saat ini sudah mengalami penurunan sebesar 25 persen hingga 30 persen. Ia mencontohkan, harga

gabah kering petani di Pati yang saat ini sudah berada di kisaran Rp3.900 hingga Rp4.000 per kilogram. Padahal, sebelumnya, rata-rata harga gabah kering petani bisa mencapai Rp6.500 per kilogram. Penurunan harga gabah tersebut pun diharapan dapat menurunkan harga beras yang melonjak cukup tajam sejak bulan lalu. “Harusnya linear (harga gabah dan beras), harusnya (harga beras turun) 25 sampai dengan 30 persen. Jadi apa yang harus dilakukan? Membenahi rantai pasok,” imbuh Amran. Pemerintah sebelumnya menyatakan akan mengimpor beras khusus dari Thailand demi menjaga stok dan menurunkan harga beras yang melonjak di pasaran. Menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, rata-rata harga beras medium nasional sudah mencapai Rp12.100 per kilogram per 8 Januari 2018. Angka ini meningkat cukup signiikan dibanding bulan sebelumnya yakni Rp11.950 per kilogram. (cnn|swm)

Kementerian ESDM Cabut 22 Regulasi Investasi Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menyederhanakan regulasi dengan mencabut 22 regulasi yang dinilai tidak relevan lagi dan menghambat proses investasi. Sebanyak 51 regulasi disederhanakan menjadi hanya 29 regulasi yang terdiri dari regulasi di subsektor migas (dari 10 menjadi 7 regulasi), ketenagalistrikan (2 menjadi 1 regulasi), minerba (6 menjadi 1 regulasi), EBTKE (6 menjadi 2 regulasi), dan SKK Migas (27 menjadi 18 regulasi). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta (12/2) menyampaikan pengurangan atau pencabutan peraturan ini dilakukan untuk mendorong investasi, sesuai arahan

Presiden. “Menyusuli minggu lalu (mencabut 32 regulasi), kami kembali melakukan pengurangan atau pencabutan banyak peraturan. Hari ini, total yang dicabut 22 (peraturan). Kita mencabut lagi peraturanperaturan baik peraturan menteri, keputusan menteri maupun juklak-juklak, aturan perizinan dan peraturan kerja, baik di direktorat jenderal maupun di SKK Migas, itu sekarang kita cabut,” ujar Jonan . Ia menyampaikan sejak minggu lalu total sebanyak 54 peraturan telah dicabut. Jonan berharap, dengan pencabutan peraturan yang sudah tidak relevan dan menghambat investasi ini akan semakin meningkatkan leksibilitas investasi. “Minggu lalu 32 dan hari ini 22 yang dicabut. Jadi mudah-mudahan ini bisa

mendorong investasi besar, karena rencana investasi di sektor ini, termasuk di SKK dan BPH tahun ini kurang lebih 50 miliar dolar AS atau naik dua kali lipat dibanding tahun 2017,” lanjutnya. Sebagaimana diketahui realisasi total investasi sektor ESDM pada 2017 mencapai sekitar 26 miliar dolar AS. Dalam pencabutan dan penyederhanaan regulasi ini Jonan mengungkapkan, pihaknya berpegang pada tiga hal. “Satu, konstitusi UUD 1945 pasal 33, yang kedua soal keselamatan, dan yang ketiga soal public governance-nya. Memang kalau 200 sekalian mungkin bisa (sampai) 3 bulan. Ini jadi tiap minggu bisa 20, mungkin minggu depan ada 10, dua minggu lagi terus kita kurangi,” pungkasnya. (rep|swm)


selasa

10 13 februari 2018

BISNIS

Lion air BERANGKAT KE Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 211 JT 397 JT 207 JT 395 JT 303 JT 201 JT 387 JT 399 JT 383 JT 385 JT 203 JT 305 JT 205 JT 140 JT 295 JT 913 JT 960 JT 902 JT 196 JT 306 JT 396 JT 231 JT 131 JT 970 JT 957 JT 988 JT 932 JT 972 JT 977 JT 134 JT 132 JT 136

JAM 07.50 08.40 11.50 12.50 13.50 15.20 15.50 17.45 18.00 18.30 20.10 12.40 16.40 06.30 09.00 13.15 08.10 14.50 20.25 06.00 13.00 07.00 09.20 10.00 12.25 12.55 14.50 08.00 09.40 16.15

TIBA DARI Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 210 JT 380 JT 394 JT 302 JT 200 JT 204 JT 306 JT 398 JT 382 JT 202 JT 206 JT 396 JT 212 JT 141 JT 294 JT 911 JT 961 JT 912 JT 397 JT 197 JT 305 JT 130 JT 230 JT 956 JT 971 JT 973 JT 989 JT 974 JT 958 JT 135 JT 133 JT 137

JAM 07.20 08.20 10.20 11.10 12.10 13.10 14.10 14.40 15.10 17.20 18.30 19.45 21.50 15.30 19.30 12.35 19.10 22.15 07.05 11.05 17.40 12.20 19.25 10.50 12.15 16.00 17.10 18.30 19.50 10.20 12.00 18.40

Sriwijaya air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 020 SJ 102 IN 9035 SJ 021

06.05 09.40 08.50 11.30 12.15

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 016 SJ 013 IN 9034 SJ 020

08.10 16.35 11.00 10.45 11.30

Silk air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Singapura Singapura

MI 233 MI 237

08.40 20.05

Singapura Singapura

MI 234 MI 238

07.55 19.20

BERANGKAT KE Subang

Flight FY 3413

JAM 10.50

TIBA DARI Subang

Flight FY 3412

JAM 10.25

Flight 3K 281

JAM 09.05

Firely

Jetstar asia BERANGKAT KE Singapura

Flight 3K 282

JAM 09.45

TIBA DARI Singapura

Malaysia airlines BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 861 MH 865

09.05 15.5

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 860 MH 864

08.25 15.1

BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 8817 QG 831 QG 837 QG 833 QG 835 QG 143 QG 141 QG884 QG 882 QG 927

06.35 08.40 09.35 18.50 20.25 11.00 18.10 08.50 15.05 12.05

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 830 QG 836 QG 832 QG 834 QG 140 QG 142 QG 885 QG 883 QG 926

08.10 14.35 09.10 19.55 07.15 10.30 08.20 18.15 11.30

Citilink

Jadwal Sewaktu - waktu dapat berubah

MAL PELAYANAN PUBLIK Sejumlah warga memanfaatkan fasilitas Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi, Senin (12/2). Mal Pelayanan Publik yang baru diresmikan tersebut sedikitnya melayani pelayanan dari lima instansi, setiap hari guna memudahkan masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan terpadu satu pintu.

Antara | Risky Andrianto

18 Emiten Belum Penuhi Aturan Free Float Saham Jakarta | Jurnal Asia PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan, hingga saat ini masih ada 18 emiten yang belum memenuhi aturan free float saham atau minimal saham beredar di publik sebesar 7,5%. Jumlah di luar ekspektasi BEI yang menargetkan aturan free loat saham bisa dipenuhi akhir Juni 2016. ”Masih ada 18 emiten, namun semuanya sudah punya itikad untuk memenuhi aturan free loat,” kata Samsul Hidayat, Direktur BEI di Jakarta, kemarin. Menurut Samsul, masing-masing emiten tersebut memiliki kendala dalam memenuhi aturan free float, seperti harga saham yang terlalu rendah atau saham yang tidak laku di pasar, sehingga kesulitan untuk memenuhi aturan ini. Lanjut Samsul, saat ini, di setiap periode, bursa juga sudah memberikan peringatan

dan sanksi terkait ketidakmampuan emiten dalam memenuhi aturan tersebut. Sebelumnya, PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) berniat menggelar free float saham. Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan pernah bilang, lantaran tidak semua pemegang saham publik CMPP melaksanakan haknya dalam rights issue akhir 2017 lalu, jumlah kepemilikan saham yang beredar di publik jadi menyusut menjadi hanya 2,63%. ”Sehingga kami akan meningkatkan jumlah ini agar bisa memenuhi aturan free loat 7,5%,” ujarnya. Rencana ini pun diprediksi bakal dilaksanakan pada kuartal kedua tahun ini. Pasalnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) hanya memberikan waktu tiga bulan pasca melaksanakan rights issue yang dilaksanakan akhir tahun lalu.

Untuk memenuhi peraturan ini, CMPP mengaku tak akan melakukan penerbitan saham baru. Emiten yang masuk ke bursa lewat skema backdoor listing ini bakal menawarkan sebagian kepemilikan saham CMPP yang dimiliki PT Fersindo Nusaperkasa dan AirAsia Investment Ltd. Dendy pun menambahkan, pihaknya mengincar investor strategis demi meningkatkan jumlah kepemilikan saham di bawah 5% di CMPP. “Kami akan menawarkan ini ke Dana Pensiun (Dapen) dan juga institusi keuangan lainnya,” paparnya. Meski begitu, Dendy mengaku belum bisa menentukan berapa harga jual saham yang akan ditawarkan ke para investor strategis nanti. Menurutnya, CMPP masih harus melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan penasihat keuangan mereka. (oz|swm)

2018, Bank Sumut Gelontorkan Belanja Modal Rp 1,2 T Jakarta | Jurnal Asia PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) siap menggelar ekspansi bisnis tahun ini. Untuk mendukung ekspansi, Bank Sumut mempersiapkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) hingga mencapai Rp 1,2 triliun. Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto mengatakan, anggaran tersebut meningkat dibandingkan capex pada tahun 2017. “Realisasi capex tahun 2017 sebesar Rp 1,1 triliun. Sedangkan tahun 2018, Rp 1,2 triliun direncanakan untuk pengembangan jaringan kantor dan bisnis bank serta investasi,” ujarnya, Senin (12/2).

Selain untuk menambah jaringan, Bank Sumut akan menggunakan capex untuk memperkuat lini bisnis bank serta investasi. Lebih lanjut, bank milik pemerintah provinsi Sumatera Utara ini nantinya akan merombak sasaran bisnis di tahun 2018. Salah satunya dengan meningkatkan porsi penyaluran kredit ke sektor produktif mencapai 50,68% dari total kredit tahun ini. Jumlah tersebut, menurut Edie meningkat bila dibandingkan dengan capaian penyaluran kredit sektor produktif akhir 2017 yang mencapai 49,5% dari total kredit. Tak hanya itu, beberapa inovasi juga tengah digodok perseroan ini. Salah satunya, Bank Sumut akan mengeluarkan produk

kartu debit untuk nasabah . “Kami juga rencanakan untuk dorong kredit modal kerja transaksional, kredit beragunan deposito dan kredit kepada anggota apex (pengayom) dan non apex,” tambahnya. Pun, Bank Sumut di 2018 juga akan mulai berfokus pada pembiayaan infrastruktur proyek pemerintah. Pasalnya, menurut Edie outstanding kredit infrastruktur di perseroan masih cukup kecil alias di bawah 10% pada akhir tahun lalu. Secara jangka panjang, pihaknya berharap dapat meningkatkan porsi tersebut hingga sekitar 20% dari total outstanding kredit. (kncm|swm)

Kenaikan Suku Bunga, IHSG Bisa Melemah Jakarta | Jurnal Asia Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil kembali ke jalur positifnya. Tercatat pada penutupan perdagangan, Senin (12/2) IHSG rebound dengan naik 17,931 poin (0,28%) ke level 6.523,45. Meski begitu, Kepala Risey Equator Sekuirtas David Sutyanto menilai IHSG masih berpeluang untuk kembali ke zona merah. Sebab sentimen utamanya dari rencana kenaikan suku bunga acuan The Fed masih menghantui. “Jadi masih ada kemungkinan turun.

Ini kan masih belum jelas. Pasar masih menunggu pernyataan The Fed arahnya mau kemana,” tuturnya. David menilai, pelemahan IHSG akan berakhirnya jika The Fed sudah mengeluarkan pernyataan mengenai rencana kenaikan suku bunga acuannya. Memang menurutnya saat ini ada sentimen positif yang mampu mendorong laju IHSG. Namun sebelumnya kenaikan IHSG sudah terlalu tinggi sehingga rawan koreksi. “Sentimen kenaikan dari rating,

kemudian Moody’s juga katanya mau menaikkan rating kita. Sentimen positif ada tapi kenaikan IHSG sudah tinggi. Sesuatu yang naik tinggi sekali kena sentimen sedikit langsung drop down,” tuturnya. David memperkirakan IHSG masih bisa melemah hingga zona 6.300. Oleh karena itu dia masih merekomendasikan untuk menggunakan strategi buy on weakness atau tunggu sampai level terendah saham jika ingin membelinya. (dc|swm)


selasa 13 februari 2018

11

SAMBUNGAN Simic ..............................................................................................

Pengamanan............................................................

“Namun sejauh ini saya tetap mengapresiasi perjuangan pemain yang sudah mampu berjuang hingga ke semiinal. Kami merupakan tim promosi dengan persiapan hanya dua hingga tiga minggu saja, tapi hasilnya cukup positif, dan ini bagi saya sebuah prestasi,” tegasnya. “Kami juga tetap akan ada evaluasi, untuk persiapan menuju Liga 1 yang rencananya akan digelar awal Maret mendatang. Paling tidak akan melakukan beberapa ujicoba sebelum kompetisi sesungguhnya dimulai,” tegasnya. Kapten PSMS, Legimin Rahardjo, mengakui jika timnya sudah berusaha dengan maksimal. “Kalau pertandingan kali ini seimbang, dan kawan-kawan punya peluang, hanya saja tidak bisa mengkonversi gol

“Komoditi polisi masyarakat artinya menjadikan masyakat menjaga di lingkungannya sendiri. Konsep komoditi polisi masyarakat itu konsep yang paling baik, paling modern saat ini,” jelas Iqbal. Iqbal memastikan fokus pe ngamanan Polri tak sebatas lokasi yang baru saja diserang. Mekanisme pengetatan pengamanan juga dilakukan di wilayah lain. “Paling baik adalah mari kita sepakat kita tidak takut dengan keja dian ini, Indonesia tidak takut, sambil kita bekerja kami imbau masyarakat tenang,” ucap Iqbal. Tak Ada Tempat Bagi Kaum Intoleran Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo atawa Jokowi mengatakan tak ada tempat bagi orang-orang yang mengembangkan dan menyebarkan intoleransi di Indonesia. “Konstitusi kita menjamin kebebasan beragama. Kita tidak memberikan tempat secuil pun kepada orang-orang yang melakukan, mengembangkan, serta menyebarkan intoleransi di negara ini,” ucap Presiden Jokowi di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Senin. “Sudah puluhan tahun masyarakat Indonesia hidup bersama dalam bingkai keyakinan yang beragam dan berbeda,” imbuh dia. Meski demikian, Presiden menuturkan, orang-orang intoleransi tidak hanya ada di Indonesia, di negara lain juga ada. Dia menduga penyebabnya adalah keterbukaan informasi. Jokowi menyatakan sudah memerintahkan aparat keamanan untuk bertindak tegas. Negara akan menjamin penegakan konstitusi secara terus

tersebut. Sementara lawan mampu memanfaatkan peluang yang ada untuk menciptakan gol,” tegasnya. Sejak menit awal Persija langsung menciptakan sejumlah peluang. Namun Roni Fatahilah yang masuk starting menggantikan Reinaldo Lobo dengan sigap menghalau peluang-peluang yang diciptakan Rezaldi Hehanusa cs. Peluang pertama diciptakan Jaimie da Silva di menit 2, sayang tendangannya masih melenceng. Sementara itu, PSMS yang berusaha mencari gol cepat demi lolos ke babak selanjutnya juga beberapa kali melakukan tusukan oleh Frets Butuan dan Sadney Urikhob. Namun sejumlah peluang tersebut masih gagal berbuah gol di tengah rapatnya barisan belakang lawan. (bambang nl/put)

Berharap ....................................................................................... Untuk kepentingan pendampingan saksi pada persidangan, lanjut Lili, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara sebagai lokasi persidangan, untuk menyiapkan ruangan khusus yang dapat dipakai saksi untuk berkonsultasi dengan jaksa penuntut umum sambil menunggu persidangan. Pada kasus terorisme di Polda Sumut ini, menurut Lili, LPSK juga bekerja sama dengan Satuan Tugas Anti Terorisme dan Kejahatan Luar Negeri Kejaksaan Agung, memfasilitasi korban untuk mengajukan tuntutan kompensasi, sama seperti korban terorisme pada kasus Samarinda. Lili menuturkan, setelah melakukan perhitungan, tuntutan kompensasi yang diajukan korban senilai Rp600 juta dan jumlah itu sudah diveriikasi oleh LPSK. “Kita juga mengapresiasi pemerintah daerah dan Polda Sumut yang telah membantu menyiapkan layanan psikososial bagi korban dan keluarganya,” imbuh Lili. Sebab, korban meninggalkan seorang istri dan 9 anak, dimana 6 anak masih pelajar. Dalam kasus ini, respon dari Polri dan pemerintah daerah sangat baik. Bahkan, istri korban diberikan pelatihan kemampuan untuk berdagang agar mampu meneruskan hidup dan membesarkan anak-anaknya.

Tak Kuasa Tahan Air Mata Sementara itu, MM, istri korban Aiptu Martua Sigalingging yang tewas pada aksi penyerangan di Markas Polda Sumut, tak kuat menahan air mata pada saat memberikan kesaksian di PN Jakarta Utara kemarin. MM menjadi saksi pada dua persidangan, yaitu persidangan dengan terdakwa Syawaluddin Pakpahan dan persidangan dengan terdakwa Ardial Ramadhana dan Boboy. MM harus menyeka air matanya saat harus menjawab pertanyaan dari majelis hakim perihal kejadian yang menimpa suaminya. Apalagi, setelah hakim menanyakan bagaimana kondisi rumah tangganya setelah ditinggal mati suami. Pada saat sidang juga majelis hakim sempat menanyakan apakah korban akan mengajukan ganti kerugian kepada negara sebagai korban dari aksi terorisme. Mendapat pertanyaan tersebut, sambil sesegukan MM mencoba memberikan jawaban. Menurut dia, pascakematian suaminya, dirinya harus berjuang sendiri menghidupi keluarga. Karena selain dirinya, almarhum Aiptu Martua Sigalingging meninggalkan 9 orang anak, dimana yang tertua sedang kuliah dan yang paling bungsu masih kelas 2 sekolah dasar. (don/rel/put)

menerus dan konsekuen. “Sekali lagi saya sampaikan, tidak ada tempat bagi mereka yang tidak mampu bertoleransi di negara kita, Indonesia. Apalagi dengan cara-cara kekerasan. Berujar saja tidak, apalagi dengan caracara kekerasan,” kata dia. Jangan Terprovokasi Di lokasi terpisah, Polrestabes Medan mengantisipasi isu terkait dengan penyerangan tokoh agama yang merebak di sejumlah wilayah di tanah air. Polisi mengimbau masyarakat agar tidak terpancing dengan isu provokasi di media sosial. Hal ini disampaikan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartan to kepada wartawan, disela sela pengamanan rapat pleno pengumuman penetapan pasangan calon Gubenur/Wakil Gubernur Sumatera Utara, di Hotel Grand Mercure, Senin (12/2) kemarin. “Sejak beberapa waktu lalu kita melakukan antisipasi, kita menggunakan rencana pengamanan pencegahan dengan pendekatan kepada Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama,” ujar Dadang. Lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya juga berkoordinasi hingga ke Babinkamtibmas untuk menyentuh segala lapisan masyarakat. “Kita turun ke bawah, babinkamtibmas kita turunkan, sebagai langkah preventif,” katanya. Isu ini jelas menimbulkan keresahan, lanjut Dadang apalagi menjelang Hari Raya Imlek, isu ini dapat mengganggu kekondusifitasan masyarakat. “Kita ambil langkah preventif untuk menjaga tempat ibadah di Mesjdi Gereja, Sekarang mendekati Imlek kita juga lakukan pengamanan preventif,” jelasnya. (bowo/mtv/put)

JR Saragih ................................................................................................................................................................................ “Legalisir Ijazah JR Saragih tidak diakui Diknas DKI Jakarta. Jadi berdasarkan surat tersebut yang ditandatangani Sekretaris Diknas DKI Jakarta, mereka mengakui tidak pernah melegalisir ijazah yang digunakan untuk pemberkasan menjadi bakal Calon Gubernur Sumut JR Saragih,” tegas Mulia. Mulia Banurea mengungkapkan, ketika melakukan penelitian tahap perbaikan di Sekolah SMA Ikhlas Prasasti Jakarta, tidak ditemukan lagi sekolah JR Saragih, karena sudah dinyatakan tutup. JR Saragih Menangis Sementara itu calon gagal JR Saragih usai rapat pleno kepada para wartawan yang menyebutkan kalau ijazah aslinya dan copy ijazah yang dilegalisir, serta surat dari Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta tentang keabsahan ijazahnya. “Masih ada Tuhan di atas manusia, kami ada 2 juta pemilih, kita tetap solid dan gak perlu ribut,” ujar JR Saragih sambil terisak-isak menahan kesedihannya. JR Saragih juga menegaskan akan melakukan gugatan atas keputusan KPU Sumut yang mendepak dirinya dari pencalonan Cagub - Cawagub 2018. Dalam pernyataannya, JR menjelaskan kronologi terkait ijazah SMA Iklas Prasasti Jakarta Pusat, yang menyebabkan ia dicoret oleh KPU. JR mengatakan, dalam keperluan pencalonanannya di Pilgub 2018, ia telah melegalisir ijazah SMA nya ke Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta. Disdik kemudian melegalisir ijazah JR pada 19 Oktober 2017. Legalisir ke Disdik diperlukan karena sekolahnya SMA Iklas Prasasti pada tahun ajaran 1993/1994 telah tutup. Legalisir ijazah ini yang kemudian

diserahkan ke KPU Sumut sewaktu pendaftaran 8-10 Januari lalu. Ia mengatakan, ijazahnya dilegalisir oleh Dinas. “Kepala Dinas Pendidikan DKI yang tandatangan,” kata JR sembari menunjukkan fotokopi ijazah dan Nilai Ebtanas Murni (NEM)- nya. Partai Demokrat kemudian mengkonfirmasi perihal ijazah itu ke Disdik DKI. “Dan dijawab (oleh Disdik lewat surat) pada tanggal 19 (Januari) dan menyatakan ijazah dilegalisir oleh Kepala Dinas. Dan kepala dinas sendiri menyatakan di poin empat bahwa ijazah tersebut ada,” ungkapnya. JR Saragih kemudian heran karena pada 22 Januari, Dinas Pendidikan DKI Jakarta membalas surat KPU terkait klariikasi atas keabsahan ijazah SMA nya. Surat tersebut diteken oleh Sekretaris Disdik. Sementara kata dia, batas akhir klariikasi tanggal 20 Januari. “Dijawab oleh sekretaris dinas, menyatakan bahwa ijazah tersebut tak pernah dilegalisir. Tapi, tanggal 22 (Januari), sudah lewat batas waktu. Jadi yang mana mau kita percaya ini? Mana lebih tinggi Kepala Dinas atau Sekretaris Dinas?” Ya kita akan gugat,” tegasnya. Menurutnya, persoalan ijazahnya se betulnya telah pernah digugat saat ia mencalonkan diri sewaktu pencalonan Bupati Simalungun 2015 silam. Dan Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan bahwa ijazahnya sah. JR kemudian memenangkan Pilbup Simalungun dan melanjutkan kepemimpinan periode kedua. “Kita tidak akan tinggal diam, kita akan melakukan perlawanan, terlebih dahulu kita akan melaporkan hal ini ke

Bawaslu Sumut,” pungkas JR Saragih. Siap Digugat Sementara itu Ketua KPU Sumut Mulia Banurea yang ditanya tentang JR Saragih yang akan mengadukan kasus ini menanggapinya dengan santai. “Silahkan saja itu hak beliau, semua ada aturan hukumnya, kalau memang ada putusan yang menyebutkan leges JR Saragih itu tidak bermasalah, ya kita ikut saja, semua masih terbuka,” papar Mulia. Jadi yang menjadi permasalahan JR Saragih itu adalah soal tidak adanya legalisasi Ijazah SMA JR Saragih dan bukan soal Ijazah palsu. “Kita tidak mengatakan Ijazah Pak JR itu palsu tapi hanya berkaitan dengan legalisasi Ijazah SMA nya saja. Karena sekolahnya sudah tutup makanya kita pertanyakan soal Ijazah ini ke Diknas DKI Jakarta dan mereka mengatakan tidak meleges Ijazah atas nama JR Saragih. Pantauan dilapangan, dari tiga Bapaslon yang mendaftar di KPU Sumut hanya JR Saragih - Ance Selian yang tampak hadir mengikuti Rapat Pleno KPU Sumut tersebut. Sedangkan dua pasangan lainnya justru hanya diwakili oleh tim penghubungnya saja. Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida Rasahan me nyampaikan, pasangan calon yang tidak ditetapkan oleh KPU bisa menempuh jalur mensengketakan keputusan KPU tiga hari sejak keputusan diterima. “Dan kami punya waktu 12 hari pasca diregistrasi untuk memproses sengketanya,” kata Syafrida. Hal menarik dari agenda penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018 ini dibawah pengawasan ketat pihak Kepolisian Daerah Sumatera

Utara. Bahkan terlihat Kapoldasu Irjend Paulus Waterpauw beserta Kabid Humas Kombes Rina Ginting berada diantara pasukan pengamanan. Tidak Anarkis Kabar gugurnya JR Saragih-Ance maju bertarung di Pilgubsu 2018, membuat puluhan orang yang mengaku pendukung, menggelar aksi unjuk rasa di pintu masuk Hotel Grand Mercure. “Kami menggelar aksi unjuk rasa damai, kami disini hanya bernyanyi meminta agar JR Saragih-Ance maju di Pilgub,” kata seorang orator. Personel kepolisian yang melihat adanya aksi kemudian melakukan pagar betis di depan pintu masuk Hotel. Polisi juga mengambil langkah persuasif agar aksi tidak menggangu akses keluar masuk. Aksi unjuk rasa tidak berlangsung lama, sesaat setelah JR Saragih-Ance meninggalkan Hotel, massa membubarkan diri dengan tertib. ”Kita menurunkan kekuatan total 1167 personel, untuk yang di hotel objek pengamanan Grand Mercure ada 247 personel. Yang lainnya pengamanan di KPU dan Lalu lintas, semua itu dalam rangka untuk mengantisipasi kerawanan2 yang timbul,” ujar Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto di lokasi. “Kita tahu pasca penetapan ada paslon yang tidak memenuhi syarat, nah ini kita monitor terus pergerakan, kita imbau paslon yang TMS menempuh jalur hukum, jangan menempuh jalur di luar hukum ini yang cenderugmg melanggar tindak pidana hukum, apalagi melakukan kekerasan dengan mengumpulkan massa,dan bergerak dengan massa,” sambungnya. Ia menegaskan pihaknya akan

menempuh tindakan tegas bila aksi massa menganggu ketertiban umum. “Tentu akan melakukan langkah penegakan hukum mulai soft himbauan sampai tindakan tegas, kita harap mereka memakai cara yang beradab sesuai jalur hukum yang berlaku,” tukasnya. Skenario Jahat Korwil Dapil 9 Tim Relawan Semangat Baru Rony Reynaldo Situmorang menduga ada skenario ‘jahat’ untuk menggagalkan JR Saragih - Ance di Pilgubsu 2018. “Ada dua surat dari instansi yang sama tapi isinya berbeda. Ini ada apa? Apakah ada skenario jahat untuk menggagalkan JR Saragih - Ance?” kata Rony kepada wartawan di Gedung DPRD Sumut, Senin (12/2). Kemudian, dia juga mengaku heran dan menyesalkan ada pernyataan dari salah satu komisioner KPU yang menyebutkan, kemungkinan besar Pilgubsu diikuti oleh dua pasang saja saat talk show di radio. “Dua atau tiga hari sebelum rapat pleno hari ini, salahsatu komisioner menyebutkan seperti itu. Ini ada apa? Kok bisa diumumkan sebelum rapat pleno?” Kata Rony yang juga anggota DPRD Sumut dari Partai Demokrat. Terkait hal ini, lanjutnya, pihaknya akan mendaftar gugatan ke Bawaslu dan ada waktu bagi Bawaslu untuk memutuskan perkara tersebut. “Jika Bawaslu menyatakan Pak JR Saragih Ance ikut, maka itu wajib diikuti oleh KPU, jika tidak sesuai maka ada mekanisme untuk mendaftar kan gugatan ke PTUN, PTUN punya kewenangan memutus selama 30 hari,” tambahnya. (isvan/bowo/put)


12

selasa 13 februari 2018

SEREMONI

RI-Brasil Kerja Sama Ternak Sapi Jakarta | Jurnal Asia Harga sapi di Brasil diklaim murah. Mentan Amran Sulaiman menyambut baik akan hal itu, selain untuk memperkuat hubungan bilateral hubungan Indonesia dan Brazil. “Untuk memperkuat bilateral dengan Brazil ini, kita menjajaki kerja sama di bidang ternak, sapi. Tadi disampaikan bahwa harga sapi bisa lebih murah. Ini sangat bagus,” ujar Amran, dalam keterangan tertulis dari Kementan, Senin (12/2). Hal itu disampaikan Amran usai menerima Wakil Menteri Pertanian Brasil, Eumar Roberto Novacki di ruang kerjanya di Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, hari ini. Pertemuan membahas hubungan bilateral terkait sejumlah komoditas pertanian yang akan dikerjasamakan, terutama sapi dan sawit. Pertemuan berlangsung singkat. Selain itu, Amran juga menitipkan pesan kepada utusan Kementerian Pertanian Brasil untuk membantu Indonesia melakukan counter act terhadap negara-negara di Eropa terkait kampanye hitam terhadap komoditas sawit Indonesia. Dalam

klariikasinya, Amran menegaskan bahwa perkebunan sawit di Indonesia menggunakan pendekatan community walfare. Saat ini, Indonesia punya kurang lebih 30.000 komunitas kesejahteraan di sektor sawit yang butuh penghidupan. “Jika black campaign terus dilakukan, harga sawit bisa turun. Dampaknya, mereka akan kembali masuk ke hutan, dan melakukan penebangan hutan. Lingkungan kita bisa rusak lagi,” pesan Amran. Sebagai upaya memperkuat sinergi pertanian kedua negara ini, Amran langsung mempertemukan Direktorat Dirjen Terkait dengan utus an Kementerian Brasil. “Kita buat working group untuk membahas tindak lanjut pertemuan tersebut,” tambah Amran. Amran juga menyampaikan sejumlah capaian Indonesia di sektor pertanian, yakni swasembada sejumlah komoditas di antaranya Jagung dan bawang. “Kemudian yang paling penting adalah ayam. Kita sudah ekspor ke enam negara termasuk dalam bentuk olahan,” tutur Amran. (dc/van)

Releksi Imlek PKB

Cak Imin Bicara Sosok Gus Dur Jakarta | Jurnal Asia Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengungkap ilmu kehidupan ala Abdurrahaman Wahid (Gus Dur). Dengan ilmu itu, Cak Imin menyebut Gus Dur bisa menjadi Presiden ke-4 RI meski bermodal dengkul. “Saya itu banyak belajar dari peradaban dan ilmu-ilmu Tiongkok. Salah satu bacaan favorit saya adalah Samkok. Saat Imlek PKB tahun lalu, saya justru mendapat pelajaran berharga dari Suhu Dutavira. Setelah saya renungkan. Itulah sebetulnya ilmu yang selama ini diajarkan kepada kita semua oleh Gus Dur, mengapa Gus Dur banyak dicintai rakyat, bahkan dengan modal dengkul bisa menjadi presiden,” ungkap Cak Imin di di Restoran Eka Ria di Jalan KH Zainul Ariin, Jakarta Pusat, Senin (12/2). Cak Imin menjelaskan resep kehidupan ala Gus Dur itu didapatnya dari Suhu Dutavira. Kata dia, setidaknya ada lima unsur yang harus dijalankan manusia dalam kehidupan sehari-hari. “Kata suhu ada lima unsur yang harus diingat saat merayakan Imlek. Tapi saat ini saya bukan hanya mengingat, tapi saya belajar untuk sungguh menjalankannya. Karena inilah yang ada dijalankan Gus Dur dalam kesehariannya,” ujarnya. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah memperluas jaringan. Bagi Cak Imin, jaringan ini modal dan sumber segala urusan. “Pertama, kita harus punya hopeng alias jaringan alias teman. Jaringan ini penting untuk sumber modal, ilmu, dan pasar. Maka, kita harus rajin silaturrahmi,” imbuhnya. Faktor selanjutnya yang mesti ada dalam kehidupan adalah

keberuntungan. Terkait unsur kedua ini, Cak Imin menekankan rasa optimis yang harus dimiliki oleh warga. “Kedua, hok kie atau keberuntungan. Maknanya, kita harus optimis bahwa kita bisa berhasil. Jangan suka pesimis. Selama kita memiliki niat yang baik untuk masyarakat, masyarakat akan memberikan dukungan,” katanya. Ta k h a n y a i t u , C a k I m i n menjelaskan setiap manusia juga perlu memperhatikan aspek spiritualitas. Dia mengajak semua orang untuk rajin beribadah dan saling menghargai setiap umat beragama. “Ketiga, hong shui atau aspek spiritualitas,” imbuhnya. Ya n g t a k k a l a n g p e n t i n g , masih kata Cak Imin, adalah unsur saling timbal balik. Setiap warga, menurutnya, harus bisa saling merasakan kebahagiaan dan kesusahan masing-masing. “Cheng lie atau saling timbal balik. Jangan egois, jangan mau menang sendiri. Kita berusaha merasakan kebahagiaan masyarakat akan menjadi kebahagiaan kita. Kesusahan masyarakat juga akan menjadi kesusahan kita,” terangnya. Terakhir, faktor yang harus ada dalam diri manusia yaitu sikap kompromi. Kata Cak Imin, unsur inilah yang bisa memudahkan proses musyawarah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kelima, cing cay atau kompromi. saling teposeliro, saling paham kebutuhan masing, saling toleransi, kita harus mengedepankan musyawarah untuk menjaga keputusan baik. Tidak saling ngotot,” tuturnya. (dc/van)

Jurnal Asia | Ist Serahkan Paket. Ketua PSMTI Sumut Tongariodjo Angkasa Ginting SE,MBA.,MM,MSc didampingi Wakil Ketua Bidang Sosial Solihin Candra bersama pengurus lainnya serahkan paket sembako kepada warga Pantai Labu, Minggu (11/2).

Di Pantai Labu

PSMTI dan Haqi Sumut Bagikan 200 Paket Imlek Medan | Jurnal Asia Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sumatera Utara (Sumut) bersama Yayasan Senam Peremajaan Diri Indonesia (Haqi) membagikan 200 paket Imlek di Vihara Seng Kong Titi Payung Pantai Labu, Minggu (11/2). Isi paket tersebut yakni, beras, gula pasir, roti, minyak goreng dan sirup. Ketua PSMTI Sumut Tongariodjo Angkasa Ginting SE,MBA.,MM,MSc mengatakan, bagi etnis Tionghoa di mana pun berada selalu menjadikan Imlek sebagai momentum spesial. Dan itu dijadikan tradisi sebagai kumpul keluarga besar dan biasanya selalu diiringi dengan makan malam bersama. “Bagi mereka yang tidak punya uang atau kurang mampu tentunya makan malam bersama keluarga hanya seadanya saja. Oleh karena itu,

PSMTI dan Haqi Sumut berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu dan kali ini khusus diberikan kepada masyarakat di Pantai Labu,” katanya, kemarin. Ia berharap, bantuan paket Imlek ini dapat memberikan sedikit kebahagiaan kepada yang menerima sehingga Imlek tetap menjadi momen berarti meski mereka hidup di tengah kemiskinan. Ke depan, diharapkan akan semakin banyak donatur yang membantu sehingga semakin banyak lagi masyarakat yang menerima. “Baksos ini bukan hanya dilakukan di Pantai Labu saja, sebelumnya PSMTI Kecamatan juga melakukan dibeberapa daerah seperti Binjai, Medan Polonia, Belawan dan lainnya. Dengan begitu, kehadiran PSMTI sebagai organisasi Tionghoa tetap berkontribusi kepada masyarakat

sekitarnya,” tuturnya. Tongariodjo berharap, semoga di tahun anjing ini orang-orang tidak hanya “menggonggong” saja tetapi tidak melakukan sesuatu demi kebaikan diri sendiri ataupun negara. Semua harus tingkatkan komunikasi agar saling pengertian, tidak saling menyalahkan namun berbuat untuk memperbaiki sehingga hidup menjadi aman dan tentram. Hadir pada pembagian paket Imlek tersebut diantaranya, Wakil Ketua Bidang Sosial Solihin Candra, Wakil Ketua Bidang Organisasi Kundjung dan sejumlah anggota PSMTI Sumut, Hengky Cong, Samudra dan Aleng. Sedangkan dari Haqi Sumut, Sekretaris Alex Cong, pelatih Merry, anggota Haqi diantaranya, Ale, Husein, Ali, Eddy Hakim, Acien, Yin Yu dan Hasiholan. (netty)


selasa 13 februari 2018

13

SEREMONI

Mendagri: Tingkatkan Kinerja Forum Kerukunan Umat Beragama Jakarta | Jurnal Asia Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan meningkatkan kinerja Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) guna mencegah aksi penyerangan teradap para pemuka agama. Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk segera mengetahui motif yang dilakukan oleh para pelaku penyerangan, termasuk penyerangan di gereja di Sleman. “Kami punya kewenangan hanya meningkatkan kinerja FKUB sudah kita dorong di Kemendagri. Kapolri sudah terus berjalan dan Presiden juga sudah mengingatkan indikasi yang muncul mengenai penganiayaan yang ada di sejumlah pesantren dan kemarin di gereja itu kami sudah detail sebelumnya,” ujar Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/2). Tjahjo memastikan, pemerintah telah mendiskusikan aksi dan dugaan motif yang dilakukan para pelaku penyerangan sebelum peristiwa penganiayaan yang terjadi di Gereja Santa Lidwina Bedog, Sleman, Yogyakarta. “Diskusi kami sudah mulai terkait hal yang berkaitan sejumlah aktivitas sebelum sampai yang kemarin di Sleman,”

jelasnya. Namun, ia itu belum dapat memastikan penyerangan kepada pemuka agama bermotif politik menjelang kontestasi Pilkada serentak 2018 maupun persiapan Pilpres 2019. “Saya belum bisa mendahului. Tapi, apa pun ancaman gangguan dalam rangka konsolidasi demokrasi bisa macammacam, bisa berita yang berujar kebencian, berita itnah, atau ancaman teror yang kemarin,” kata Tjahjo. Ia menambahkan, Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius telah mengundang seluruh Gubernur dan DPRD se-Indonesia guna menyampaikan daerah mana saja yang rawan terjadi tindak penyerangan terhadap pemuka agama. Tjahjo menilai, aksi penyerangan terhadap pemuka agama ini belum dapat dipastikan bermotif politik untuk ‘menyemai’ kegaduhan sebelum berlangsungnya pesta demokrasi. “Saya kok belum melihat ke arah sana (politik). Ini hanya kasuistis bahwa walaupun ini sudah pada tahap yang harus diantisipasi, meningkatkan kewaspadaan karena apa pun setiap warga negara Indonesia punya hak dan mendapatkan perlindungan untuk melaksanakan ibadah yang sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing,” pungkasnya. (oz/van)

57.000 Ton Beras Impor Tiba di RI Jakarta | Jurnal Asia Beras impor sudah masuk ke Indonesia sejak 11 Februari 2018. Totalnya mencapai 57.000 ton Puluhan ribu ton beras asal Vietnam itu masuk lewat pelabuhan di Banten, NTT, dan Jakarta. “Yang sudah masuk perairan atau pelabuhan Indonesia 57.000 ton dari Tenau 10.000 ton, Merak 6.000 ton dan Tanjung Priok 41.000 ton,” terang Direktur Pengadaan Perum Bulog, Andrianto Wahyu, kepada detikFinance, Senin (12/2). Andrianto menjelaskan beras yang masuk lewat Merak belum dibongkar karena masih menunggu tambahan dokumen. Setali tiga uang, beras di Tanjung Priok juga belum dibongkar karena masih menunggu antrean sandar. “Yang siap-siap di Priok itu 41.000 ton lagi nunggu antrean buat bersandar kan ukurannya besar. Kalau yang di Merak lagi nunggu dokumen karena ada yang telat dari sana,” terang Andrianto. Untuk yang di pelabuhan Tenau NTT, beras tersebut telah dilakukan bongkar muatan dan siap masuk gudang Bulog. “Yang kapalnya sudah bersandar yang di Tenau 10.000 ton lagi bongkar

muat,” kata Andrianto. Beras Vietnam Kapal pengangkut beras impor asal Vietnam akan sandar di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten. Kapal yang membawa 6.000 ton beras itu diperkirakan akan sandar pada sore hari ini atau malam hari nanti. Setelah sandar, beras impor akan langsung dibongkar untuk dipindahkan ke gudang milik Bulog. “Yang datang ini 6.000 (ton). Kalau masalah supply belum tahu yang penting kita ditugaskan pemerintah bahwa beras ini harus masuk ke gudang Bulog,” kata Kabid ADA Bulog Divre DKI dan Banten, Wawan Anwar Kurniawan, saat dikonfirmasi detikcom, Senin (12/2). Setibanya di pelabuhan PT Indah Kiat nanti, proses bongkar muat dan pe nyimpanan akan mendapatkan pengawalan langsung dari Satgas Pangan Mabes Polri. Beras itu, lanjut Wa wan, akan disimpan di gudang Bulog yang berada di wilayah Cikande, Serang. “Masuk di gudang sana semua, langsung dapat pengawalan dari Mabes Polri, kita hanya ketitipan,” tuturnya. (dc/van)

Jurnal Asia | Ist Bakti SoSial. Ketua Majabumi Tanah Suci Sumut, Pandita Solihin Chandra bersama pengurus lainnya melakukan bakti sosial Imlek di Belawan.

Majabumi Sumut Gelar Baksos Imlek di Belawan Medan | Jurnal Asia Majelis Agama Buddha Mahayana (Majabumi) Tanah Suci Sumatera Utara, akhir pekan lalu membagikan 100 paket Imlek kepada warga kurang mampu di Kelenteng Pek Cun Ong, Medan Belawan. Bantuan yang diberikan berupa mie instan, minyak goreng, sirup, minuman botol, roti kaleng, dan gula pasir. Ketua Majabumi Tanah Suci Sumut, Pandita Solihin Chandra mengatakan, kegiatan bakti sosial rutin menjelang hari besar/keagamaan itu dipandang sebagai bentuk ketulusan empati kepada warga Tionghoa kurang mampu yang akan menyambut Imlek. “Berbagi dalam kehidupan itu indah. Apalagi berbagi kepada orang yang pantas dibantu,” katanya, Senin (12/2). Solihin didampingi sejumlah pengurus, yakni Daslim,

Ahua, Amir, Aswad Intan dan Supratman mengatakan, kegiatan itu dudukung penuh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kecamatan Medan Belawan. “Kami berterima kasih kepada ketuanya, Tan Seng Ho atas fasilitasi tempat pembagian sembako ini,” ucap dia. Solihin menambahkan, Imlek sejatinya identik dengan silaturahmi, karena keluarga besar berkumpul pada malam menjelang Imlek. Maka, seharusnya baksos pembagian sembako ini juga bisa dipandang menyambung silaturahmi dengan warga di Belawan. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur dan relawan yang berpartisipasi. “Kami berharap dukungan dan kerjasama bisa terus terjalin, terutama dalam setiap kegiatan sosial kemasyarakatan seperti ini,” pungkasnya. (netty)

Menteri ESDM Pangkas Perizinan Jakarta | Jurnal Asia Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, gencar memangkas peraturan di sektor ESDM. Hari ini sebanyak 22 peraturan dipangkas. Minggu lalu (5/2), 32 aturan juga telah disederhanakan. Apa alasan Jonan gencar memangkas aturan di sektor ESDM? “Dengan perkembangan zaman atau yang dianggap bisa (dicabut), ya ini dicabut agar investasinya meningkat, bukan dianggap menghambat,” kata Jonan dalam konferensi pers di kantornya, Senin (12/2). Jonan mengatakan, Kementeriannya mendapat amanah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggenjot investasi. Tujuannya untuk memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tahun ini

ditargetkan 5,4%. Kementerian ESDM juga mendorong peningkatan investasi tahun ini tumbuh 2 kali lipat. “Kalau tahun lalu realisasi (investasi) US$ 26 miliar. Kalau tahun ini (targetnya) US$ 50 miliar. Jadi ini arahan bapak presiden untuk mendorong agar investasi lebih mudah,” sebutnya. Untuk menjamin penyederhanaan ini bisa diimplementasikan hingga ke tingkat daerah, Jonan segera mengontak jajarannya di lingkup daerah agar menyesuaikan aturan yang disederhanakan ini. Diharapkan, penyederhanaan aturan ini mampu meningkatkan investasi agar upaya pemerintah memacu pertumbuhan ekonomi bisa tercapai. Dengan pertumbuhan ekonomi yang naik, juga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. (dc/van)

KATA PERENUNGAN Swans fly on the path of the sun, magicians pass through the air. The wise go forth out of the world, having conquered Mara with his entire troop : Kawanan burung angsa beterbangan mengarah ke matahari; orang – orang yang memiliki kesaktian terbang menembus udara; orang bijak menanggalkan dunia ini setelah mengalahkan Mara beserta laskarnya. LOKA VAGGA XIII : 175

有志一同的人時時彼此鞭策、 勉勵,才能照顧好自己一念善心。 Orang-orang yang berbagi misi sama dalam kehidupan ini, harus selalu saling memberi semangat dan inspirasi satu sama lainnya agar niat kebajikan dalam batin tetap terjaga dengan baik.

- Kata Perenungan Master Cheng Yen -

~ 摘錄自證嚴上人靜思語 ~


14

selasa 13 februari 2018

OTOMOTIF

Tiga Mobil Desa Siap Meluncur Bulan Agustus Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan bisa secepatnya meluncurkan secara resmi program kendaraan pedesaan. Kendaraan ini ditargetkan bisa resmi diperkenalkan pada Agustus 2018 ini. Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Harjanto, mengatakan ada tiga model kendaraan pedesaan yang dikembangkan. Ketiganya ialah Wintor dari Astra Otopart, KHS dari CV Karya Hidup Sejahtera, dan yang terbaru Mahesa dari Kiat Motor. “Ya ancer-ancer Agustus ini. Saya akselerasi Agustus ini bisa selesai, ini baru perkiraan. Tergantung yang produksinya, tapi mereka sudah katakan kalau siap untuk Agustus, karena kan produksi itu enggak gampang. Sekaligus regulasi kita akselerasi bicara dengan Perhubungan dan lainnya untuk bisa mengaturnya. Jadi Sisi regulasi Sisi produksi bisa barengan,” kata Harjanto saat berbincang di kantornya pekan lalu.

Harjanto mengungkapkan, dari ketiga model tersebut KHS sudah diproduksi dan dipasarkan. Kemudian untuk Wintor juga sudah diproduksi namun sekarang sedang melakukan pengembangan. Sedangkan untuk Mahesa masih dalam tahap pengembangan. Nantinya, ketiga model kendaraan pedesaan itu ditargetkan bisa diluncurkan secara resmi sekaligus. “Nanti launching nanti tigatiganya sekaligus. Jadi dikumpulin dulu setelah mereka siap semua baru kita launching. Nah kita bukan bicara prototype di sini, kita bicarain produksi. Jadi bukan prototype lagi, jadi ini produksi yang siap dipasarkan,” ungkap Harjanto. Bersamaan dengan itu, Harjanto mengatakan, Kemenperin juga sedang menyiapkan regulasi terhadap kendaraan pedesaan. Dalam mengatur kendaraan ini, Kemenperin bakal menggandeng pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan.

Takut Merusak Segmennya Beberapa tahun terakhir mobil murah identik dengan kata Low Cost Green Car (LCGC). Memang aturan soal mobil LCGC sengaja dibuat pemerintah agar para produsen mobil bisa menciptakan mobil dengan harga terjangkau sekaligus ramah lingkungan. Beberapa produsen mobil pun cukup meramaikan pasar mobil LCGC. Sebut saja

“Termasuk nanti distribusinya dengan teman-teman yang nanti terlibat kita akan bicarakan, tapi itu kan business to business, kita nggak akan intervensi, kita hanya memfasilitasi. Nah kita memfasilitasi untuk

bertemu beberapa industri supaya jadi. Jadi tinggal peran pemerintah agar regulasi yang diperlukan itu supaya masuk ke pasar enggak ada masalah mulai dari laik jalan serta perpajakannya,” ujarnya.(dtc/hut)

Wuling Tolak LCGC

Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki dan juga Datsun sudah berpartisipasi dalam program itu. Namun tidak bagi produsen mobil asal China yang baru saja menjajakan kakinya di Indonesia tahun lalu Wuling. Seperti diketahui harga jual mobil Wuling terbilang miring. Berselisih cukup jauh dengan para kompetitornya asal Jepang. Bahkan harga mobil Wuling biasa yang tak ada embel LCGC, harganya hampir sama

dengan mobil-mobil LCGC. Bayangkan saja, jika mobil buatan Wuling ikutan program LCGC bisa jadi harga jualnya jauh lebih murah dari mobil LCGC yang ada di pasaran. Meski begitu, pihak Wuling justru mengaku tak berencana untuk mengikuti program mobil lCGC agar bisa menciptakan mobil dengan harga lebih murah lagi. “Kan kita udah punya segmennya sendiri Confero, biar nggak merusak segmennya juga,” kata Product Planning Specialist Wuling Motors Indonesia Arief Ramadhi di Jakarta. Berdasarkan Permenperin No. 33/M-IND/ PER/7/2013 tentang

Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau mengatur harga LGCC sebelum pajak daerah, bea balik nama (BBN) dan pajak kendaraan bermotor (PKB) setinggi-tingginya Rp 95 juta. Sebagai perbandingan Wuling sendiri mulai menawarkan mobilnya dengan harga Rp 128,8 juta sementara LCGC Toyota Agya ditawarkan mulai harga Rp 133,4 juta. (dtc/hut)

Toyota: Mungkin Saja Boyong Avanza Crossover ke Indonesia Toyota baru saja mengenalkan Avanza 1.5X terbaru yang bergaya SUV Crossover di Malaysia. Avanza 1.5X menawarkan beberapa tampilan baru berupa pilar D hitam sehingga mencerminkan atap mengambang atau loating roof. Di fender kanan depan terdapat badge ‘X’. Sedangkan untuk bagian belakang, elemen relektor tambahan diletakkan di samping lampu belakang. Avanza 1.5X punya ekstensi bumper depan dan belakang baru berwarna hitam yang dipadukan dengan moulding silver. Jika di Malaysia Avanza 1.5X sudah diluncurkan, berbeda dengan Toyota Astra Motor (TAM) yang mengaku masih melakukan studi untuk mendatangkannya ke Indonesia. “Kemungkinan untuk hadirnya Avanza 1.5X, bisa saja. Studi untuk pengembangan produk terus dilakukan dan disesuaikan dengan karakter dari masing-masing negara. Kita ada juga memperkenalkan versi TRD di luar Indonesia,” kata Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto saat dikonirmasi detikOto, Senin (12/2). Soerjo sapaan akrab Fransiscus mengatakan

pihaknya sedang menyiapkan mobil yang disesuaikan dengan konsumen Indonesia. “Tunggu tanggal mainnya. Local development TAM akan siapkan produkproduk bagus dengan selera customer Indonesia,” jelasnya. (dtc/ hut)

Honda PCX Pakai Mesin Vario PT Astra Honda Motor secara resmi meluncurkan All New Honda PCX rakitan dalam negeri. Mesinnya sendiri berkapasitas silinder 150 cc dan disebut sebagai generasi baru. Padahal, sebelumnya PT Astra Honda Motor juga sudah memasarkan skutik 150 cc untuk model Vario. “PCX ini menggunakan mesin generasi baru dengan ESP,” ujar President Director AHM Toshiyuki Inuma. Baik Vario 150 maupun PCX, keduanya memang samasama mengadopsi sistem ESP. ESP sendiri adalah singkatan dari Enhanced Smart Power (ESP). Dasarnya, teknologi ini membuat bagian mesin minim gesekan di samping eisien dalam hal pendinginan. Namun jika menilik data daya mesin, maka terlihat perbedaan di antara keduanya. Daya mesin PCX produksi lokal ini 10,8 KW/8.500 rpm, sementara Vario sebesar 9,3 KW/8.500 rpm. Tentu saja tambahan daya dibutuhkan karena PCX berbobot 131-132 kg, sementara Vario hanya 109 kg. (oc/hut)


SELASA 13 FEBRUARI 2018

15

RAGAM

Sikap TNI pada Pilkada Sumut 2018

Dandim 0205/TK Tandatangani Fakta Integritas

Jurnal Asia | Herman Harahap FAKTA INTEGRITAS. Dandim 0205/TK Letkol Inf Tauik Rizal beserta jajaran menandatangani fakta integritas TNI pada Pilkada Sumatera Utara 2018.

Info Duka Cita Kota Medan Balai Persemayaman ANGSAPURA | Jl. Waja No. 2-4, Medan | Telp. 7345503-7364202 Tutup Jenis Usia Kelamin

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

Lk

11 Feb

13 Feb

10.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Selam IV No. 19 Medan

76

Pr

10 Feb

14 Feb

10.00

Dikebumikan Tanah Mujur

Jl. Aksara No. 68 Medan

NG HAN KIONG

69

Lk

12 Feb

14 Feb

10.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Waringin No. 47 D Medan

7

LIM CIN IK

59

Pr

10 Feb

13 Feb

10.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Japaris Gg. Kemara II No. 57 - Medan

8

HE CIN KUI

78

Pr

11 Feb

14 Feb

10.00

Diperabukan Marga Ong

Jl. Gandhi No. 160/4 Medan

9

TAN A PAU

91

Lk

12 Feb

14 Feb

Dikebumikan Kwala Brahrang

Jl. Blankahan No. 30

VIP A

LIM HUNG ING

70

Lk

10 Feb

13 Feb

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. RH. Juanda No. 18 B Ciputat Tangerang

VIP B

LAW FOEK FJOEI

90

Lk

12 Feb

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Danau Melintang No. 68 D Medan

VIP C

CIAN KOK HUA

78

9 Feb

13 Feb

14.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Sutrisno No. 112K Medan

VIP D

ANG LIANG LIANG

67

11 Feb

13 Feb

10.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Kalimantan Medan

VIP E

TIO LAN ING

91

10 Feb

13 Feb

13.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Tanjung Kasau No. 2-4 Medan Jl. Prof. MH. Yamin No. 80 D Medan

Blok

Nama

1

SHE HAN SENG

27

2

NG CIN CU

3

Pr

09.00

VIP F

LIM IN SENG

65

Lk

11 Feb

14 Feb

10.00

Dikebumikan ASP - Sibiru-Biru

VIP G

TIO CHING JUNG

81

Lk

10 Feb

13 Feb

10.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Palapa Blok D II No. 09 P. Brayan - Medan

VIP H

TIO HUI ING

69

Pr

11 Feb

13 Feb

10.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Selam I No. 43 D Medan

BLOK (4, 5, 6 RENOVASI), 3A, VIP J, K, L KOSONG

Rumah Duka MEDAN MURNI | Jl. Williem Iskandar No. 321, Medan | Telp. 6621388 Blok

Nama

Tutup Jenis Usia Kelamin

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

TULIP A, B, C, D; LAVENDER A, B, C; JASMINE A, B, C, D; ANGGREK A, B, C KOSONG

Harga Iklan Untuk Berita Duka Cita, Turut Berduka Cita dan Ucapan Selamat (Hitam Putih):

Ukuran : 1 halaman Rp. 2.592.000 | 1/2 halaman Rp. 1.296.000 | 1/4 halaman Rp. 648.000 | 1/8 halaman Rp. 324.000 Informasi pemesanan iklan dan penawaran khusus selama masa promosi, silahkan hubungi Ichandra: 0811 6398 989

Berastagi | Jurnal Asia Komandan Kodim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal SE menggelar upacara penandatanganan Fakta Integritas Netralisasi TNI dalam Pilkada serentak 2018 di wilayah Dandim 0205/TK. Upacara digelar pada Senin (12/2) di Lapangan Makodim, Desa Raya Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Dalam arahannya Dandim mengatakan, adapun permasalahan yang kemungkinan akan dihadapi antara lain, kampanye hitam, pengumpulan modal ilegal atau jual beli izin usaha, jual beli jabatan, suap proyek dan politisasi program pemerintah dan anggaran rawan lainnya untuk kampanye. Politisasi birokrasi dan pejabat negara mulai dari birokrat, guru hingga institusi TNI / Polri, politik uang, manipulasi laporan dana kampanye. “Saya ingatkan kepada seluruh prajurit Kodim 0205/TK tetap netral, kita harus berdiri di atas kepentingan rakyat yang lebih luas, kita harus bantu KPU dalam melaksanakan tugas tugasnya pada Pemilukada serentak tahun 2018 ini,”tegasnya. Dandim 0205/TK lebih lanjut mengatakan, seluruh jajaran Kodim 0205/TK agar bisa mencegah politik praktis, politik uang dan hal yang bisa mencederai demokrasi. “Bagi siapa saja yang menodai dan mencederai demokrasi, akan ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku dan para prajurit jangan terpengaruhi terhadap godaan dari para calon,”imbuhnya. Penandatanganan fakta integritas netralisasi TNI dalam Pilkada 2018 dilakukan oleh 9 Danramil di jajaran Kodim 0205/TK adalah meneruskan perintah instruksi panglima TNI saat apel Komandan Satuan di Lanud Halim Perdana Kusuma di Jakarta dan meneruskan arahan Pangdam I/BB, Danrem 023/KS. Dandim mengharapkan kepada seluruh prajurit agar senantiasa melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab dengan memperhatikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di lingkungan sekitarnya. “Pupuk semangat kebersamaan dengan sesama prajurit dan seluruh komponen masyarakat. Jadi memang begini, untuk netralitas itu sudah merupakan harga mati bagi TNI. Aturan mengenai netralitas sudah dijelaskan acuan yang harus dilaksanakan oleh prajurit di dalam menghadapi Pilkada ini dan buku saku yang telah dibagikan, disana telah tertulis tentang aturan netralitas TNI,”tegasnya. Ketua KPU Kabupaten Karo Benyamin Pinem menyampaikan apresiasi kepada Kodim 0205/TK beserta jajarannya, mengenai netralitas TNI di Pilkada serentak tahun 2018. Sebagai penggagas dan pencetus awal fakta integritas netralitas TNI yang diharapkan akan diikuti oleh Kodim yang lain khususnya dalam pengamanan pilkada yang sebentar lagi akan berlangsung. “Kita harap dengan netralitas TNI ini maka pelaksanaan dari Pilkada Sumut berjalan dengan aman khususnya di Kabupaten Karo. TNI fokus membantu kepolisian dan kita KPU dalam pengamanan pada pelaksanaan Pilkada nanti,” ujarnya. Turut hadir dalam kegiatan penandatanganan fakta integritas TNI Pilkada 2018, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Hutajulu, Sumbawa Kabanjahe, Ketua KPU Karo Benyamin Pinem ST MM, Ketua Panwaslu Karo Eva Br Pandia SH serta Komisioner Aberaham Tarigan S Sos dan seluruh jajaran Kodim 0205/TK. (herman harahap)

Setiap Usaha Wajib Berizin di Tanjungbalai Tanjungbalai | Jurnal Asia Walikota Tanjungbalai M Syahrial SH MH menegaskan, setiap orang yang melakukan kegiatan usaha atau kegiatan yang wajib amdal atau upaya pengelolaan lingkungan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagai prasyarat memperoleh izin dan usaha kegiatan termasuk izin bangunan dan konstruksi. Penegasan itu disampaikan Walikota dalam jawabannya atas pandangan fraksi-fraksi pada rapat paripurna di gedung DPRD Tanjungbalai Jumat (9/2). “Instrumen itu nantinya menjadi dasar hukum dalam melakukan pencegahan, pengendalian maupun pengawasan akan adanya gangguan pencemaran dan kerusakan lingkungan yang timbul akibat dampak usaha dan kegiatan,” kata Walikota. Menurut Walikota, masalah perizinan bangunan dan amdal dalam rangka melakukan pencegahan, pengendalian maupun pengawasan akan adanya gangguan pencemaran dan kerusakan lingkungan telah diatur dalam Ranperda Tanjungbalai tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Di samping itu, disadari pentingnya peran serta masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. “Oleh karenanya, Ranperda Tanjungbalai tentang perlindungan dan pengelolan lingkungan hidup telah mengakomodir kebutuhan dan perawatan lingkungan yang berkesinambungan, sehingga lingkungan hidup layak dan asri yang sudah dimuat di dalam Bab VII,”katanya. Sedangkan pemeliharannya tertera dalam pasal 51 yang menyebutkan bahwa, pemeliharaan lingkungan hidup tersebut dilakukan melalui upaya konservasi sumberdaya alam, pencadangan sumber daya alam atau pelestarian sumber atmosfer. (sad/adisastra)


16

SelaSa 13 Februari 2018

SUMBAGUT

Bupati Langkat Minta SKPD Kerja Tepat Waktu

Jurnal Asia | herman harahap

DILANTIK. Cory Sebayang resmi menjabat Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Karo yang dilantik oleh Ketua Dewan Penasehat Gerindra Sumatera Utara Martin Hutabarat di Hotel Sibayak Berastagi.

Cory Sebayang Pimpin DPC Gerindra Karo Berastagi | Jurnal Asia D P C P a r t a i G e r i n d r a Ta n a h Karo dipimpin Cory Sebayang. Pelantikannya berlangsung di Hotel Sibayak, Berastagi, baru-baru ini. Pelantikan dihadiri Staf Ahli Bupati Karo Bidang Hukum dan Perundangundangan David Trimei Sinulingga dan Kepala Bakesbangpol Tetap Ginting SSos. Adapun pengurus DPC Partai Gerindra Kabupaten Karo yang dilantik adalah Cory S Sebayang sebagai Ketua DPC Gerindra Kabupaten Karo, Edi Wijaya Sembiring sebagai Sekretaris dan Ingan Amin Barus sebagai Bendahara. Pengurus DPC Gerindra Karo dilantik oleh Ketua Dewan Penasehat Gerindra Sumatera Utara Martin Hutabarat.

Bupati Karo dalam sambutannya melalui Staf Ahli Bupati Karo Bidang Hukum dan Perundang-undangan David Trimei Sinulingga mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan dalam mengemban amanah sebagai pimpinan dan pengurus Partai Gerindra Kabupaten Karo. “Kiranya tetap bersinergi dengan pemerintah dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Karo. Saya yakin melalui kepemimpinan ibu Cory S Sebayang beserta seluruh jajarannya, DPC Gerindra Kabupaten Karo akan mampu mewujudkan cita-cita Partai Gerindra kedepan, serta tetap mengakomodir kelompok kelompok lain yang berbeda, karena dari kelompok yang berbeda tersebut DPC Gerindra Karo dapat memberikan umpan balik yang

membangun, perbedaan pendapat di panggung politik adalah lumrah, namun bila ingin maju dan berkembang sangat diperlukan dukungan politik yang solid dari publik,”katanya. Bupati menambahkan, oleh karenanya publik harus senantiasa dilibatkan dalam setiap kegiatan yang sifatnya pendidikan politik sehingga masyarakat bisa memahami tentang fungsi dan peranan sebuah partai politik. Selain Pelantikan DPC Partai Gerindra Karo acara ini juga diisi dengan pelantikan Pengurus PAC Partai Gerindra Kecamatan se Kabupaten Karo dan Rapat Koordinasi Cabang DPC Partai Gerindra Kab upaten Karo Tahun 2018. (herman harahap/nas)

Langkat | Jurnal Asia Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH dalam pidato tertulis yang disampaiakan Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin Mks MM pada Apel Gabungan ASN di halamam kantor Bupati Langkat, Senin (12/2) mengatakan, jajaran SKPD Pemkab Langkat agar menyelesaikan tugas tepat waktu dan tepat sasaran. Hal ini dilakukan demi untuk meningkatkan pelayanan publik. “Segera menyerahkan laporan LAKIP dan Evaluasi RKPD tahun 2017. Dari laporan yang saya terima masih banyak SKPD yang belum menyerahkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah (LAKIP) dan Evaluasi rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2017. Dari itu, saya sampaikan pada kesempatan ini agar segera diselesaikan,” tuturnya. Bupati mengingatkan hal itu, kata dr H Indra, karena laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Langkat tahun 2017, harus disampaikan ke DPRD Langkat selambat-lambatnya pada awal Maret mendatang untuk dibahas.

“Jadi mesti segera diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Sebab keterlambatan menyampikan dan penyelesaian beberapa laporan diatas akan mempengaruhi penilaian kinerja pemerintah Kabupaten Langkat secara keseluruhan. Sekali lagi saya minta keseriusan saudara para pemimpinan SKPD untuk secepatnya menyelesaikan tunggakan-tunggakan kerja dimaksud,”tegasnya. Untuk memudahkan penyelesaian hal tersebut, Lanjut dr H Indra, maka seluruh SKPD harus berkordinasi secara pro aktif dalam menentukan langkah menyelesaikannya. Dengan demikian tidak akan mengundang permasalan dari pihak pengawas atau dari pihak penegak hukum. “Karena sama kita ketahui bahwa tuntutan peraturan perundanganundangan yang berkaitan dengan pelaksanaan program kegiatan dan pelaksanaan program pokok kita, bisa tercapai pelaksanaannya, jika direncanakan dan dilakasanakan bersama-sama,”ujarnya. (menanti ginting/nas)

Jurnal Asia | menanti ginting

INSPEKSI. Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKs MM saat melakukan inspeksi peserta apel yang diikuti jajaran SKPD Pemkab Langkat pada acara Apel Gabugan.

Warga PGGS Gelar Ritual Menanda Tahun

Jurnal Asia | rikam

RITUAL Menanda Tahun yang diselenggarakan oleh masyarakat Marga Manik PGGS di Desa Kecupak Kecamatan PGGS Kabupaten Pakpak Bharat.

Pakpak Bharat | Jurnal Asia Delleng Simenoto merupakan kawasan hutan yang berada di Ulayat Marga Manik Kecamatan Pergetteng Getteng Sengkut(PGGS) di Delleng Simenoto. Setiap tahunnya warga menggelar ritual Menanda Tahun. Ritual ini, sebuah upacara yang diselenggarakan oleh masyarakat Marga Manik PGGS di Desa Kecupak Kecamatan PGGS Kabupaten Pakpak Bharat. Upacara sekali setahun ini diadakan dalam rangka pembukaan ladang, karena itu selalu diselenggarakan ketika menjelang musim tanam, dengan maksud agar tidak menyalahi apa yang dipercaya sebagai ketentuan-ketentuan penguasa alam gaib bagi kelestarian ekosistem, sehingga demikian usahausaha pertanian dan perladangan memperoleh izin dan keberkahan. Bagi masyarakat Papak di Desa Kecupak, berladang bukan hanya untuk tujuan ekonomi, tetapi berkaitan dengan aspek kebutuhan sosial dan religi. Sebagai contoh tanaman padi dipandang sebagai wanita yang memiliki kekuatan gaib

dan mendatangkan keberuntungan dan kerugian tergantung bagaimana memperlakukannya. Aturan-aturan yang berlaku dalam perladangan ini kemudian diberlakukan juga dalam pola tanam sawah yang sempurna yang semuanya harus dimulai dengan upacara Menanda Tahun. Masyarakat Pakpak di Desa Kecupak memiliki aturan-aturan, tabu, serta sanksi dalam perladangan. Jika larangan tersebut dilanggar maka dikenakan denda atau sanksi sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan. Seperti yang dilaksanakan warga Desa Kecupak baru-baru ini. Mereka berdatangan ke Simenoto untuk melakukan ritual tahunan ini. Tema Manik, warga Nambungabuluh yang dalam upacara ini sebagai Sibaso (juru kunci) menjelaskan, upacara menanda tahun adalah tradisi yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Bagi warga yang bermukim di enam kuta yaitu Simerpara, Delamdam, Kuta Tengah, Tuppak Beak, Sabah dan Pulo Namuk dilarang keras melaksanakan aktivitas selama upacara berlangsung.

Bagi warga yang tidak mengindahkan larangan ini akan terkena sanksi. “Kerja tahun yang kita laksanakan ini adalah untuk mengetahui jenis dan tanaman yang cocok untuk ditanam pada tahun ini dan mara bahaya,”katanya. Menurutnya, berdasarkan hasil penerawangan dengan ayam yang telah disembelih dan wangsit yang diterimanya untuk tahun ini warga diimbau untuk menanam benih padi putih. “Selain itu budidaya tanaman lainnya sangatlah bagus dari pada tahun sebelumnya, seperti cabe,”ujar Tema. Dalam sambutanya Camat PGGS, Hanai Padang, sangat berterimakasih kepada Kepala Desa Simerpara, Kecupak I , Kecupak II dan semua warga atas kerja sama dan partisipasinya sehingga ritual menanda tahun bisa berjalan sesuai rencana. “Harapan saya kedepannya kita tingkatkan acara ini supaya daerah lain bisa datang melihat ritual ini dan mudah mudahan daerah kita ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal,”katanya. (rikam/nas)


SelaSa 13 Februari 2018

17

SUMBAGUT

Walikota Buka Musrenbang Kecamatan Tanjung Harapan

Jurnal Asia | rikam

GOTONG ROYONG. Warga Kota Salak Kabupaten Pakpak Bharat antusias mengikuti kegiatan gotong royong kebersihan yang dimotori Camat Salak Sahat Boang Manalu Spd MM.

Camat Salak Gerakkan Gotong Royong Jurnal Asia | Pakpak Bharat Gotong royong salah satu budaya Indonesia yang juga menjadi tradisi masyarakat Pakpak. Sayangnya tradisi tersebut sudah jarang dijumpai, apalagi di perkotaan. Guna menumbuhkan kembali budaya gotong royong, Salak Sahat Boang Manalu Spd MM menggerakkan ratusan masyarakat dari berbagai unsur ikut melaksanakan gotong royong kebersihan di seputaran Kota Salak, ibukota Kabupaten Pakpak Bharat. Gotong royong diikuti warga, ibuibu PKH, ASN Kecamatan Salak dan dari unsur lainnya. Dengan menggunakan

berbagai peralatan seperti cangkul, sekop, penggaruk dan lainnya mereka bersemangat mengikuti kegiatan ini. Truk pengangkut sampah milik Dinas Kebersihan Kabupaten Pakpak Bharat dan Mobil Damkar dari Dinas Damkar Kabupaten Pakpak Bharat juga diturunkan untuk membongkar parit yang tersumbat di sepanjang jalan protokol dan seputaran Kota Salak. Menurut Camat Salak Sahat Boang Manalu, hal ini dilakukan guna menata kota menjadi lebih bersih serta untuk meningkatkan silaturahmi dengan warganya. “Kedepan, gerakan gotong royong ini akan tetap kita laksanakan

tapi untuk sementara kegiatan ini kita fokuskan dulu di sepanjang jalan protokol dan seputaran Kota Salak dan akan dilanjutkan ke desa lainnya se Kecamatan Salak dengan harapan dapat membangkitkan partisipasi masyarakat dalam peningkatan kebersihan,”ujarnya. Sahat juga mengajak masyarakat agar sedini mungkin meningkatkan kepedulian dan kesadaran kebersihan di lingkungan masing-masing. Warga pun sangat mengapresiasi kegiatan yang dimotori Camat Salak. “Kami sangat mendukung program ini demi terciptanya kebersihan dan keindahan Kota Salak,”ujar warga. (rikam/nas)

Solok | Jurnal Asia Wa l i k ot a S ol o k Z u l E l f i a n membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tanjung Harapan Tahun 2019 di Aula Kantor Camat Tanjung Harapan, Senin (12/2). Turut hadir Sekretaris Daerah Rusdianto SIP MM, Anggota DPRD Kota Solok, Kepala Bappeda dan Kepala OPD. Di hadapan peserta dan fasilitator, Wako menyampaikan bahwa musrenbang kecamatan merupakan proses lanjutan dari musrenbang kelurahan sebagai bahan acuan bagi OPD dalam penyempurnaan Rencana Kerja OPD tahun 2019 untuk menjadi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019. “Forum ini bentuk komitmen bersama di antara pemangku kebijakan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel”,terang Wako. Banyak permasalahan dan isu yang berkembang dimasyarakat, tentunya menjadi perhatian dalam penyusunan perencanaan untuk tahun 2019 yang harus dicarikan

solusi pemecahannya melalui program dan kegiatan”,ungkapnya. Wako Solok juga menyampaikan, bahwa melihat permasalahan dan isu yang ada, RKPD tahun 2019 mengangkat tema “Optimalisasi Pelayanan Publik melalui peningkatan infrastruktur untuk mendorong investasi daerah menuju Visit Solok 2020, dengan melaksanakan 13 program prioritas yakni, Pembangunan Rumah Sakit, Stadion Sepak Bola, pelaksana MTQ Provinsi, lanjutan penyelesaian jalan lingkar utara, penyelenggaraan boarding school, pembangunan infrastruktur pasar, penanganan bantaran sungai, pengembangan agrowisata Payo, penataan tamantaman kota, pengembangan home industry, pembangunan menara dan pelaksanaan festival serambi madinah, pemenuhan kebutuhan gedung kantor. Di akhir sambutannya, Wako meminta kepada seluruh OPD untuk mendampingi dan mengawal pelaksanaan musrenbang sampai selesai, sehingga usulan-usulan yang muncul dapat terealisasi kedalam bentuk program kegiatan. (eli/nas)

Jurnal Asia | eli PELAKSANAAN Musrenbang Kecamatan Tanjung Harapan Tahun 2019 di Aula Kantor Camat Tanjung Harapan, Senin (12/2).

Pelaku UKM di Sergai Terima Bantuan CSR Perbaungan | Jurnal Asia Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Perusahaan Swasta harus turut berkontribusi terhadap pembangunan daerah

yang berkelanjutan dengan menekan dampak negatif dan meningkatkan dampak positif terhadap masyarakat. Demikian disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup

Jurnal Asia | sugi

SERAHKAN BANTUAN. Wabup Sergai Darma Wijaya didampingi Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin dan Pimpinan Cabang BRI Tebing Tinggi Robert Sitinjak menyerahkan bantuan CSR kepada pelaku UKM pada acara penyerahan CSR Bank BRI Cabang Tebing Tinggi kepada Pemkab Sergai di Aula Dekranas Dinas Perindag di Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan.

Sergai) Darma Wijaya di sela-sela penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank BRI Cabang Tebing Tinggi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai di Aula Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) bertempat di Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan, Jumat (9/2). Selain Wabup Darma Wijaya hadir juga Asisten Ekbangsos H Kaharuddin, para Staf Ahli Bupati, para kepala OPD Sergai, Pimpinan Cabang BRI Tebing Tinggi Robert Sitinjak, Kabag Logistik BRI Medan Apen Ritonga, puluhan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan. Lebih lanjut Wabup Darma Wijaya mengingatkan kepada para pelaku usaha, bahwa harus lebih berhati hati terhadap pihak pertama yang ingin menyerahkan bantuan kepada kita, sebab di masa sekarang ini semakin menjamurnya penipuan dalam bentuk investasi, yang nengincar

kita para pelaku usaha yang baru berkembang. Oleh karena itu, Wabup mengingatkan jika kita ingin mencari atau menerima modal yang di tawarkan oleh pihak pertama haruslah lebih berhati hati serta memperhatikan bentuk lembaga pemodal yang hendak melakukan penawaran, perhatikanlah asal lembaga pemodal tersebut serta logika penawaran yang di lakukannya agar kita tidak tertipu. “Pemkab Sergai terus berupaya meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat, dengan mencari tempat yang pas demi terbangunnya Rest Area di jalan tol lintas Medan-Tebing Tinggi yang diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk UKM Sergai,” paparnya. Wa b u p D a r m a W i j a y a j u g a berpesan kepada pelaku usaha yang akan menerima bantuan CSR dari BRI cabang Tebing Tinggi agar dapat mempergunakan bantuan

semaksimal mungkin serta diharapkan mampu meningkatkan kualitas hasil produksi yang dihasilkan, sehingga n an tin y a p ar a p em b el i d ap at menikmatinya dengan puas, sebab kepuasan pelanggan merupakan hal yang utama bagi kita para pelaku usaha. “Bantuan yang di berikan oleh Bank BRI cabang Tebing Tinggi rencananya akan dipergunakan untuk pembangunan gapura, fasilitas umun dan alat alat produksi usaha pembuatan dodol, keripik dan olahan durian UKM binaan Disperindag Kabupaten Sergai,” pungkas Wabup Sergai. Sebelumnya Pimpinan BRI Cabang Tebing Tinggi Robert Sitinjak menyampaikan bahwa kegiatan penyerahan CSR ini merupakan rangkaian kegiatan ulang tahun Bank BRI, yang telah menyalurkan dana CSR sebanyak 4,5 Miliar di wilayah Sumatera Utara, kata Robert Sitinjak. (sugi/nas)


18

SelaSa 13 Februari 2018

SUMBAGUT

40 Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lantik Bupati Labusel

Jurnal Asia | sugi

BanYaK SaMPaH. Lapangan Replika Serdang di Dusun Tualang, Kecamatan Perbaungan, Sergai terlihat jorok banyak ditemukan sampah berserakan begitu juga rumput yang sudah tinggi.

Lapangan Replika Serdang Jadi Tempat Pembuangan Sampah Serdang Bedagai| Jurnal Asia Kondisi Lapangan Replika Serdang milik Pemkab Sergai di Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan, sangat memprihatinkan. Pasalnya, lapangan tersebut sudah menjadi tempat pembuangan sampah. Ironisnya, Dinas terkait seakan tutup mata. Pantauan Jurnal Asia, Sabtu (10/2) terlihat banyak ditemukan sampah plastik berserakan, begitu juga ditemukan rumput-rumput yang sudah tinggi di lokasi tersebut sehingga terkesan terlihat diabaikan. Padahal sepengetahuan awak media lokasi tersebut sangat diutamakan sebagai

lokasi acara hari besar Pemkab Sergai, baik itu Hari Jadi Kabupaten Sergai maupun hari besar lainnya. Sayangnya, lokasi tersebut hanya dibuat sementara saja oleh Pemkab Sergai di waktu hari-hari besar, buktinya usai acara hari besar HUT Sergai ke 14 tahun, lokasi tersebut tidak diperhatikan lagi oleh Pemkab Sergai maupun dinas terkait dalam melakukan perawatan maupun pemeliharaan lokasi tersebut. Suyati (34), warga Perbaungan kepada Jurnal Asia mengatakan, andaikan kawasan Replika Sultan Serdang juga bisa disulap jadi tempat yang bersih kan lebih bagus. “Coba

om lihat sendiri untuk membuktikan, terakhir saya ke sana pas acara HUT Sergai ke 14, kayak nggak dirawat lagi,” kata Suyati. Padahal sebelumnya Kadis Perkim Sergai Dasril kepada Jurnal Asia mengatakan, lokasi pembabatan rumput setiap taman diutamakan Taman Firdaus maupun Taman Replika. “Bahwa pada Januari 2018 telah melakukan pembabatan rumput di setiap taman termasuk Taman Firdaus dan Lapangan Replika Serdang. Namun, mengingat musim hujan rumput sangat cepat tumbuh,” kata Dasril, saat itu. (sugi/nas)

Labusel | Jurnal Asia Bupati Labuhanbatu Selatan H.Wildan Aswan Tanjung, SH, MM melantik 40 pejabat administrator dan pejabat pengawas dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan diaula gedung kantor bupati Labusel Desa Sosopan kotapinang Labuhanbatu Selatan.(7/2-2018. Hadir dalam acara pelan tikan tersebut kapolsekta kotapinang,Kompol SM Sitanggang, mewakili Danramil 11 Czr B.Sirega Kotapinang, kakan kemenag labusel Chairul Syam staf ahli bupati, asisten dan pimpinnan SKPD dilingkup pemerintahan kabupaten labusel Bupati Labuhanbatu Selatan H.Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam sambutannya berpesan kepada pejabat yang baru dilantik untuk menjaga amanah yang diemban dengan penuh tanggung jawab. “Mari secara bersama kita rapatkan barisan dan bekerja keras dengan setulus hati bagi percepatan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang sama sama kita cintai ini “, ujar H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM. Lebih lanjut H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM mengingatkan pejabat yang baru dilantik untuk memberikan kontribusi yang terbaik bagi kemajuan daerah, demi mewujudkan visi dan missi

Kabupaten Labuhanbatu Selatan yaitu Bersama Membangun tanah kelahiran Labuhanbatu Selatan Yang Mandiri, Berdaya Saing dan Sejahtera. Diakhir sambutannya bupati labusel H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM berharap kepada pejabat yang baru dilantik untuk dapat menjadi panutan bagi staf, “serta masyarakat tunjukkan kepada mereka contoh dan keteladanan yang baik, bangun koordinasi yang baik dan tingkatkan sinergitas dengan organisasi dan SKPD lainnya “, pesan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM. Adapun pejabat administrator yang dilantik antara lain fahruli, SE sebagai sekretaris dinas perhubungan, Hasnan Hajar, SKM sebagai sekretaris korpri, ali imran, SH, Msi sebagai sekretaris Disdukcapil, syarifah hafni sebagaikabag organisasi, Safii simbolon, ST, MM sebagai sekretaris dinas PUPR dan Muhrin Azhari Nasution, S.Kom sebagai sekretaris dinas kominfo. Sedangkan pejabat pengawas yang dilantik Muhammad Ali Ibrahim, SSTP sebagai, Lurah Langgapayung, Armainuddin Daulay, S.ST. Par sebagai kasubbag program, Pelaporan dan aset pada dinas pertanian dan perikanan dan melinda saputri, SP, MP sebagai kasi pengolahan dan pemasaran hasil tanaman pangan dan holtikultura pada dinas pertanian dan perikanan. (Negos/nas)

Jurnal Asia | negos

Wildan melantik pejabat adiminstator dan pejabat pengawas dilingkungan Pemkab Labusel

Wako Solok Sambut Tim Peduli Asmat Sekda Pakpak Bharat Motivasi Solok | Jurnal Asia Rombongan Tim Kemanusiaan Peduli Asmat Kota Solok tiba kembali ke Kota Solok, Senin (12/2). Kedatangan rombongan tim peduli ini disambut oleh Walikota Solok Zul Elfian di Balai Kota Solok. Adapun

rombongan terdiri Nasril In Dt Malintang SH, Roni Daniel AMd, dr IGM Afridoni SpA, Ns. Hartini SKep, Hera F Amd Kep. Di hadapan peserta apel pagi, Walikota Solok dalam amanatnya menyampaikan selamat datang

Jurnal Asia | eli

FOTO BERSaMa. Walikota Solok Zul Elian foto bersama Tim Kemanusiaan Pesuli Asmat di Balai Kota Solok.

kembali kepada tim dan penghargaan yang tak terhingga karena dari banyak bantuan yang diberikan kepada masyarakat Asmat yang terdampak Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan gizi buruk, hanya Kota Solok yang mengirimkan tim medis disamping bantuan. “Kita sangat bangga dengan keberangkatan tim ini, disaat orang sibuk dengan dirinya. Tim bersedia bersusah susah ke Asmat menempuh perjalanan yang lumayan sulit bahkan memiliki risiko”, ungkap Wako. Wako berharap, semoga langkah yang ditempuh tim menjadi contoh bagi semua untuk senantiasa memupuk rasa kepedulian sesama tanpa memandang ras, suku maupun agama. Sebagai bentuk ucapan terima kasih dan apresiasi Pemerintah Daerah memberikan Piagam Penghargaan kepada seluruh anggota tim atas dedikasi dan kepeduliannya akan kejadian luar biasa di Kabupaten Asmat Provinsi Papua. (eli/nas)

Petugas Kebersihan Jurnal Asia | Pakpak Bharat Guna meningkatkan kualitas Kota Salak dalam urusan kebersihan dan pertamanan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pakpak Bharat Sahat Banurea SSos Msi, melakukan inspeksi sembari memberikan arahan dan motivasi kepada para petugas kebersihan dan pertamanan di Lapangan Napasengkut, Salak, Senin (12/2). Didampingi Plt Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perukim), Parlaungan Lumbantoruan dan Camat Salak Sahat P Boangmanalu beserta jajarannya, Sekda menekankan penguatan di Kota Salak pekerjaan dalam urusan kebersihan dan pertamanan agar lebih maksimal. “Hal ini karena Salak merupakan ibukota Kabupaten Pakpak Bharat yang harus menjadi cermin dan contoh bagi wilayah lainnya, terutama dalam masalah kebersihan dan kerapihan kota”, sebutnya.

Sekda juga memotivasi para petugas untuk lebih bersemangat serta mengulas beragam kendala dan kekurangan terhadap kekurangan yang ada sehingga dapat lebih optimal menuntaskan pekerjaannya. “Termasuk keberadaan fasilitas dan peralatan yang dibutuhkan dalam bekerja serta urusan pembagian tugas sehingga pekerjaan yang dilakukan akan semakin efisien dan efektif”, sambungnya. Saat ini petugas kebersihan di Kabupaten Pakpak Bharat sebanyak 58 orang, termasuk petugas pertamanan yang didukung beberapa unit kendaraan roda 3 dan roda 4 yang beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 s/d 15.00 WIB. Mereka adalah pegawai kontrak yang berada di bawah Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Perukim Kabupaten Pakpak Bharat yang bertugas di seluruh Kecamatan se Kabupaten Pakpak Bharat, kecuali Kecamatan Pagindar. (rikam/nas)


SELASA 13 FEBRUARI 2018

19

Info Serba-SerbI

Lima Kegiatan Membuat Happy di Pagi Hari Bangun pagi di hari Senin? Jangan mengeluh. Mood buruk di pagi hari bisa berefek pada keseharianmu lho. Jangan khawatir. Bangun pagi di hari Senin tak harus dengan mood buruk. 5 Kegiatan ini bisa dilakukan untuk membuat mood kamu baik di pagi hari. Apa saja? Dikutip dari WebMD, berikut 5 kegiatan yang bisa membuatmu happy di pagi hari. 1. Berpikir positif Langkah pertama yang harus dilakukan agar mood bagus adalah berpikir positif. Hindari memikirkan soal pekerjaan atau deadline,

PURBA MULTIROOF Spesialis Atap dan Baja Ringan

Menyediakan : - Genteng metal, Atap Spandek panjang/Lengkung. - Besi C/Truss, Reng (zincalume) Jl.Gaperta Ujung No.80-A Medan

Hubungi : 081362321899 081265237863 081262861028 N.B : Menerima pemasangan baru dan bongkar pasang atap (Rumah tinggal, pabrik, sekolah, kantor, dsan gedung lainnya).

namun fokus ke hal-hal baik yang bisa kamu lakukan hari ini. 2. Peregangan Peregangan di pagi hari membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Badan pun terasa lebih segar, dan pikiran menjadi lebih tenang dan jernih.

4. Pergi keluar Tak perlu jauh-jauh ke taman, menyeduh teh di pagi hari dan duduk di teras rumah saja sudah membuatmu terpapar udara pagi yang segar. Manfaatnya akan lebih terasa jika kamu mendapat paparan sinar matahari.

5. Seks kilat Nah, kegiatan ini hanya bisa dilakukan jika kamu punya cukup waktu untuk melakukannya ya. Bercinta membantu melepaskan hormon endorin yang bertanggung jawab atas rasa senang dan bahagia. (oz/van)

3. Olahraga Setelah peregangan, lanjutkan dengan olahraga. Penelitian sudah membuktikan bahwa olahraga minimal 30 menit setiap hari selama seminggu membuat seseorang lebih bahagia lho.

Info Beriklan : (061) 663 5 664

Iklan Ekonomis 20mm/Kolom Rp. 20.000,40mm/Kolom Rp. 40.000,60mm/Kolom Rp. 60.000,80mm/Kolom Rp. 80.000,-

Jl. Gatot Subroto No. 317/236 A Tel. (061) 453 9685 - 453 9684 (Depan Jl. PWS) - Medan. Terima Tempahan Canopy, Folding Gate, Pintu Plat Besi, Aluminium, Kaca dan Stainless Steel.

WASHTAFEL PVC

PINTU PRESS

ROLLING DOOR

FOLDING GATE

UPVC

CIN BOY 0853 6022 3003 PENGOBATAN DENGAN TEKNOLOGI & METODE BARU INTERNATIONAL

BALI’S HEALTH CARE CENTER Integrative Therapy

Mengobati penyakit: Jantung koroner Stroke I diabetes millitus RAS OPE RAPI kolesterol A E P T hipertensi TAN FILIASIEGERI A R N asam urat LUA penyakit autoimun penyakit dalam lainnya WE CARE FOR YOUR HEALTH

DATANG & BUKTIKAN!!! DOKTER GRATIS KONSULTASI & CHECK DARAH* *SYARAT & KETENTUAN BERLAKU

Jl. Prof. HM. Yamin No. 41T (Dekat Htl Sakura) Telp. (061) 4160 119 / 7727 1796


20

SelaSa 13 Februari 2018

SAINS

Ilmuwan NASA

Gunung Agung Meletus dapat Prediksi Bencana Vulkanis Peneliti di NASA dan beberapa ilmuwan tengah membahas kemungkinan manfaat dari Gunung Agung meletus, yakni sebagai elemen utama untuk mendeteksi ancaman bahaya gunung meletus di kemudian hari. Dilansir dari laman News.com.au pada Minggu (11/2), erupsi gunung berapi bukan hanya berdampak pada daerah sekitarnya, melainkan juga bisa berpengaruh pada kondisi Bumi secara keseluruhan. Pasca-aktifnya Gunung Agung dan proses erupsi yang terjadi sejak November lalu, gunung tertinggi di pulau Bali itu secara konsisten mengeluarkan uap dan gas ke atmosfer. Gunung Agung meletus terakhir pada 1963, di mana dilaporkan bahwa aliran lava panas menghancurkan rumah-rumah penduduk, serta abu yang mengalir -- berisi lontaran batu vulkanis dan awan panas, bertanggung jawab atas meninggalnya hampir 1600 orang. Beberapa letusan gunung berapi diketahui berkekuatan dahsyat, di mana berpotensi menyulut terjadinya ‘musim dingin vulkanis’ mulai di daerah sekitarnya hingga membentang jauh ratusan kilometer. Letusan gunung berapi paling dahsyat yang tercatat dalam sejarah adalah Gunung

Tambora di Indonesia pada 1815 silam. Letusan itu, sebagai contoh, menyebabkan terjadinya fenomena satu tahun tanpa musim panas, di mana dilaporkan hujan salju jatuh di kota Albany dan New York pada bulan Juni di tahun berikutnya. Fenomena tersebut menyebabkan rusaknya banyak lahan pertanian, dan memicu wabah kelaparan di sebagian besar wilayah Amerika Utara. Kondisi kritis tersebut menginspirasi novelis Mary Shelley menulis karya kisah fenomenal Frankenstein. Saat ini, prediksi Gunung Agung meletus masih mungkin terjadi terkait belum berhentinya aktivitas erupsi sejak November lalu. Peluang Memprediksi Bagi para peniliti, fenomena erupsi Gunung Agung disebut bisa menjadi peluang untuk mengetahui bagaimana gunung berapi berpengaruh terhadap kondisi cuaca di Bumi. Peluang tersebut awalnya ditangkap oleh para peneliti pada peristiwa erupsi Gunung Piantubo di Filipina pada 1991 silam. Letusan Gunung Piantubo disebut sebagai letusan paling mematikan yang pernah terjadi di abad ke-20, dan diketahui tidak hanya

mempengaruhi iklim di Filipina, melainkan juga di hampir seluruh permukaan Bumi Letusan itu memuntahkan hingga 1,6 kilometer kubik bebatuan dan abu ke udara. Selain itu, dilaporkan pula sebanyak 20 juta ton gas sulfur dioksida memasuki atmosfer. Masuknya gas sulfur dioksida dalam jumlah besar ke dalam atmosfer, menciptakan reaksi kimia ketika gas tersebut bercampur dengan uap air, dan menciptakan tetesan kecil air yang sangat dingin berjuluk aerosol. Inilah yang kemudian menyebabkan terhalangnya sinar Matahari, sehingga memicu turunnya suhu Bumi sebanyak hampir seperempat derajat celcius selama bertahun-tahun. Erupsi semacam ini, menurut laporan surat kabar New York Times, merupakan peristiwa alam yang dapat memicu munculnya anomali cuaca dan iklim di Bumi. Para ilmuwan berharap mereka dapat memanfaatkan fenomena letusan ini untuk mempelajari bencana besar yang mungkin terjadi selanjutnya Hasil penelitian terkait juga dimaksudkan untuk meminimalisir jatuhnya korban dan kerusakan akibat letusan gunung berapi di kemudian hari.

Menebak Pola Letusan Penelitian terhadap prediksi bencana vulkanis di kemudian hari dilakukan menggunakan manajemen radiasi sinar Matahari, di mana senyawa kimia serupa disebarkan dari pesawat jet yang melintasi lapisan stratosfer di sekitar kawasan erupsi, guna menciptakan tiruan tetesan aerosol. Gunung Agung disebut memiliki peristiwa erupsi yang serupa dengan yang terjadi pada Gunung Pinatubo, yakni mendorong masuknya gas sulfur dioksida ke dalam atmosfer, sehingga memicu pendinginan iklim sementara di lapisan ozon. Namun muncul kendala bagi para ahli untuk memetakan garis besar pola letusan Gunung Agung, karena faktanya hingga kini belum benar-benar diketahui kapan gunung berapi tersebut bergemuruh. “Bisa saja sepuluh menit kemudian, atau mungkin lusa, dan bisa juga sama sekali tidak meletus,” jelas Alan Robock, salah satu peneliti terkait. “Manusia memang tidak bisa bermainmain dengan takdir Tuhan, tapi masih bisa mencari celah untuk menghindari kerusakan serta jatuhnya korban (letusan gunung berapi) dalam jumlah banyak,” lanjutnya. (lp6/hut)

Pedasnya Cabai Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur Kabar baik bagi pencinta makanan pedas. Menurut hasil studi ilmiah terbaru yang dilakukan oleh University of Vermont, Amerika Serikat (AS), gemar mengonsumsi makanan pedas yang berasal dari cabai ternyata memiliki manfaat positif, yakni membantu perpanjang usia harapan hidup manusia. Dikutip dari laman CBS News pada Senin (12/2), penelitian terkait dilakukan terhadap 16.000 responden yang gemar mengonsumsi cabai, baik itu cabai besar yang tidak begitu pedas hingga cabai rawit yang pedasnya mampu membuat mulut ‘kebakaran’. Keseluruhan responden diminta untuk menjalankan percobaan intensif selama dua minggu berupa konsumsi secara teratur makanan mengandung cabai serta cek kesehatan berkala per dua hari guna mengetahui reaksi yang terjadi di dalam tubuh. Pada akhir penelitian, ditemukan fakta yang menguatkan temuan ilmiah sebelumnya, yakni mengenai kandungan antioksidan, capsaicin, yang cukup melimpah pada cabai. Kandungan capsaicin di dalam cabai diketahui sebagai sumber antioksidan alami yang baik bagi tubuh. Lebih dari itu, capsaicin juga diketahui bermanfaat untuk bantu mengatasi masalah obesitas, jantung, dan bahkan kanker.

Inilah yang pada akhirnya mengerucut pada kesimpulan bahwa cabai bantu seseorang memiliki usia harapan hidup yang lebih panjang. Meskipun begitu, laporan ilmiah yang dimuat di jurnal Plus One ini mengingatkan bahwa cabai tidak selalu tepat dikonsumsi oleh segala orang, terutama oleh mereka yang memiliki masalah pada saluran pencernannya. Khusus untuk penderita maag atau yang pernah memiliki riwayat penyakit saluran pencernaan lainnya, konsumsi cabai adalah pantangan karena berisiko kian memperparah penyakit bersangkutan. - Bahan Pangan Lain Sebuah studi dari University of Vermont pernah mengungkap khasiat cabai yang bisa mengurangi risiko kematian hingga 13 persen. Begitu pun pada 2014 silam, studi lain mengungkap, cabai bisa mencegah penyakit dan membantu Anda hidup lebih lama. Namun ternyata, menurut mahasiswa kedokteran dan peneliti studi Mustafa Chopan, tak cuma cabai yang memiliki manfaat menakjubkan tersebut. Ada tiga makanan lain yang mungkin Anda tidak mengira ini juga menyehatkan. Apa saja? Berikut ketiga makanan pedas tersebut:

1. Jahe Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan September di American Chemical Society Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa capsaicin dikombinasikan dengan senyawa utama pada jahe, 6-gingerol, dapat menurunkan risiko kanker. 2. Lobak Pedas Sejenis rimpang yang mirip lobak ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang dilaporkan, termasuk dapat melawan

kanker. Menurut siaran pers dari University of Illinois, bahkan hanya satu sendok teh parutan lobak pedas cukup untuk meningkatkan kesehatan. 3. Wasabi Wasabi mengandung agen antimikroba yang bekerja menghilangkan bakteri. Menurut Healthy Eating, wasabi juga merupakan agen anti-inlamasi yang dapat mencegah risiko serangan jantung dan stroke. (lp6/hut)


SelaSa 13 Februari 2018

21

HIBURAN

Angelina Jolie

Dorong Anak Perempuannya Bantu Dunia Angelina Jolie ingin anak perempuanya bisa memberikan sesuatu pada dunia. Dia tidak ingin anaknya hanya sekadar menjadi perempuan yang mengenal pakaian dan riasan saja “Saya mengatakan kepada anak-anak perempuan saya, ‘Apa yang membedakan Anda adalah apa yang ingin Anda lakukan untuk orang lain Siapa pun dapat mengenakan gaun dan riasan,” kata Jolie, Senin (12/2). Ibu dari enam anak ini menyatakan jika dia mendorong anaknya untuk berpikir lebih jauh agar bisa menolong banyak orang. Anak-anaknya, terutama perempuan, harus dapat mengenali diri dan mengenali sisi mana yang menarik untuknya agar bisa berpendapat dan membantu orang lain. Ketika artis itu masih muda, Jolie mengaku memang anti-politik. Penasaran dengan isu hak asasi manusia, membuatnya mulai bertemu dengan para pengungsi dan orangorang yang selamat di seluruh dunia. Jolie pun mengakui sangat ingin sekali belajar tentang banyak hal. Untuk menyuarakan masalah kemanusiaan, Jolie memahami jika berbicara tidak cukup. Dia harus terjun langsung melihat keadaan, termasuk ke tempat pengungsian, dan dia pun tidak lupa membawa anaknya untuk ikut terlibat dan merasakan langsung. “Saya juga memiliki ide romantis ini, saya akan mendapatkan sepatu bot dan menjadi seorang aktivis kemanusiaan, namun pada titik tertentu, Anda menyadari itu tidak cukup, Anda harus menemukan akar masalahnya. Dan itu, sering kali, membawa Anda kembali,” kata Jolie. (rep/swm)

Prilly Latuconsina

Tak Akan Menikah Muda Prilly Latuconsina menolak untuk menikah muda, meski dia tengah menjalani hubungan serius dengan Maxime Bouttier. Saat ini, mantan kekasih Aliando Syarief ini mengaku masih ingin fokus dengan karier yang dijalani. Apalagi, artis cantik ini masih memiliki banyak impian besar di usianya yang masih muda. Kendati demikian, bukan berarti jalinan kasih dengan Maxime tak serius. Aktris kelahiran 1996 ini masih ingin menikmati masa pacar dan menikmati indahnya masa muda. “Belumlah pikirkan nikah, masih panjang, aku juga masih ada yang ingin aku capai. Sekarang aku sudah umur 21 tahun dan maxim sudah umur 24, jadi belumlah,” kata Prilly di Jakarta. Selain itu, kegiatan yang padat juga membuat dia jarang bertemu sang kekasih. Prilly berharap komunikasi yang dibangun dengan lelaki saat ini berlabuh di hatinya itu bisa sering sehingga bisa lebih saling mengenal. Faktor yang membuat Prilly masih belum berikir nikah lantaran dia masih ingin menyelami dunia pendidikan. “Aku bukan tipe yang harus ketemu tiap hari. Jadi pulang aku dari Amerika, aku belum ketemu lagi sampai sekarang. Jadi ya, saling support saja. Zaman sudah canggih, ada facetime, ada segala macam. Jadi ya ngapain ketemu kalau memang enggak bisa ya jangan dipaksain. Aku juga lagi ujian juga, pulang dari LA langsung ujian,” terangnya. (oz/swm)

Chungha

Cara Atasi Stres karena Pekerjaan Setiap idola memiliki cara untuk mengatasi stres karena pekerjaan. Penyanyi solo Korea Selatan, Chungha mengungkapkan sangat sulit memiliki pikiran yang tenang setiap kali sesuatu terjadi. “Saya menjadi artis karena saya suka menari. Tapi karena kami diberi peringkat di Produce 101, saya mulai memikirkan jumlah (peringkat) dan terkadang menari menjadi (sumber) stres,” kata Chungha, kemarin. Selanjutnya, Chungha mengungkapkan cara menghilangkan stres. Ia akan menghabiskan waktu bersama teman dekat jika merasa tertekan. “Dalam hal ini, anggota IOI benar-benar teman baik (aku). Aku tahu apa yang mereka inginkan hanya dengan melihat mata mereka,” ujarnya. Dalam siaran itu, Chungha juga membahas topik perjalanan. Ketika diminta memilih salah satu temannya untuk pergi ke Republik Ceska, ia memilih Kim Se-jeong. Sebelumnya, Chungha merupakan anggota girlband IOI. IOI resmi bubar pada akhir Januari 2017. (rol/swm)

Mendatar 1. Kertas tebal 3. bersifat khas 6. bola (inggris) 7. Tanggal 14 Agustus diperingata sebagai hari 10. kode Bandar Udara Internasional Kualanamu 11. orang ahli pembuat keris 15. tempat duduk pada motor/mobil 17. Salah satu genre musik 18. Ilmu Pengetahuan Alam 19. cinta (inggris) 20. Panggilan kepada gadis

864

Sudoku

3 9

4

8

4

7

6

864

TTS

3

5

5

6

6

22. 23. 25. 26. 27. 30. 32. 34. 35. 36.

tanah genting di bali panas apabila di sentuh obat Keluarga Berencana Planet yang sudah tidak dianggap di galaksi kita lampu (inggris) hewan bersel tunggal harapan surat izin mengemudi hak untuk bertindak; kekuasaan; wewenang; kekuasaan yang sah yang diberikan kepada lembaga masyarakat

Menurun 1. kubis 2. kata ganti orang ke tiga 4. Cahaya 5. hak azasi manusia 6. karet pada roda 7. Perusahaan Listrik Negara 8. peta 9. salah satu musim di indonesia 10. Anggota badan yang menopang tubuh dan dipakai untuk berjalan 12. asap air mendidih 13. Ketegangan yang timbul akibat hal yang saling bertentangan atau ketidakcocokkan 14. pisau cukur 16. pulau terbesar di indonesia 17. Alat tulis berupa kayu kecil berisi arang keras 21. kata lain ibu 24. danau terbesar di indonesia 25. menara eifell terletak di kota 28. universitas sumatera utara (di singkat) 29. arloji 30. laboratorium 31. tempat untuk menanam bunga atau pohon 32. Air Susu Ibu 33. atasan

Jawaban TTS 863

2

1

B R U T

A

2 3

5

9

8

4

2

I 8

E 11

P E R

2

8

6

5

9

2

3

7

4

1

9

1

4

6

7

8

3

5

2

2

3

7

5

4

1

9

6

4

9 I

H

7

8

4

1

5

2

9

6

6

5

1

3

9

2

8

7

4

4

9

2

7

8

6

1

3

5

1

4

3

2

6

7

5

8

9

J

A U L

I

T

8

9

1

3

4

6

2

7

7

2

6

8

5

9

4

1

3

18

T

6

9

7

5

8

24

L

I

U

E

S

V

A K S

I

B O L

A

U

B

15

S P

19

5

1

U

16

R

I

G A

S A N T O

M

22

N

G

I

S N

A R

B U

I 25

I

T A

26

T

A N D A

T

E

T

B 27

20

A

E

4

R B

R

L

B

E 23

1

9

A B A C C O

E M

M

5

T

13

17

T O G

12

S

N 21

6

S H A K E

U

A

7

L

O 7

G

N 14

W H

3

L

I

8

4

R 10

Jawaban Sudoku 863

L A S P A R

F

L

T R A V

EclipseCrossword.com

I

O L

A N G A N


22

SelaSa 13 Februari 2018

opini

Waspada Teror Baru Dalam kurun waktu beberapa minggu saja Indonesia telah dibuat heboh dengan beberapa kasus penganiayaan kepada para pemuka agama. Bahkan salah satu dari pemuka agama tersebut tewas, karena parahnya cidera yang ditimbulkan. Kasus terakhir yang akhirnya menjadi titik kulminasi perhatian publik adalah serangan brutal dari seorang pria berasal dari Banyuwangi, Suliyono. Teroris berarti pelaku atau pelaksanaan bentuk-bentuk terorisme, baik oleh individu, golongan, ataupun kelompok dengan cara tindak kekerasan sampai dengan pembunuhan, disertai pengunaan berbagai senjata mulai yang konvensional sampai senjata modern. Teror ialah bentuk-bentuk kegiatan dalam rangka pelaksanaan terorisme melalui penggunaan cara ancaman, pemerasan, agitasi, fitnah, pengeboman, perusakan atau penghancuran, penculikan, intimidasi, pemerkosaan, dan pembunuhan. Bagi islam, kerukunan antar umat beragama adalah sebuah keniscayaan karena landasan yang cukup dimiliki oleh penganut agama kedua terbesar sedunia tersebut,� Bagiku agamaku dan bagimu agamamu� merupakan sinyalemen yang lugas bagaimana sebaiknya kita berinteraksi. Suliyono dan beberapa orang gila lainnya bisa jadi adalah korban dari peperangan pemikiran. Bisa jadi Suliyono termakan hasutan dari pihakpihak yang kuat dibekingi oleh kepentingan tertentu dan kemudian berhasil memantik sub sadar pria ini untuk kemudian menjadi “waras� sedemikian rupa. Atau para orang gila yang menganiaya ustadz di Jawa Barat kemaren. Mereka dijejali oleh informasi yang secara instant membuat penilaian bahwa ustadz tersebut adalah musuh peradaban Indonesia. Tahun politik ini tentu saja akan dipenuhi oleh sejumlah agenda bahkan oleh badan-badan dunia, baik yang resmi maupun nirlaba tapi memiliki proyeksi seperti apa keinginan mereka terhadap Indonesia kedepan. Diduga Ada semacam siasat (akal bulus) untuk menutupi motif teror. Bukan orang sembarangan, tetapi orang yang mengerti hukum. Karena setelah pelaku tertangkap berpura-pura gila untuk menghindari jerat hukum pidana. Karena menurut hukum, seseorang yang tidak waras (gila) dibebaskan dari pertanggungan jawab hukum. Tetapi tidak semudah itu, mesti ada keterangan ahli (psikologi) yang menyatakan gila atau tidak. Karena itu, pihak Kepolisian hendaknya terus melakukan proses secara hukum dengan menglengkapi BAP dengan keterangan ahli. Hukum harus ditegakkan guna mencegah masyarakat main hakim sendiri. Juga hukum harus ditegakkan agar peristiwa yang sama tidak terulang ditempat lain. Secara psikologi sosial, mungkin ada yang sengaja mencoba memancing di air yang keruh. Memancing kemarahan. Memancing konlik. Ingin merusak kedamaian NKRI. Merusak demokrasi. (*)

Penerbit pT. MediA AnGKASA

Antara | Aloysius Jarot Nugroho

KERAJINAN CLAY IMLEK. Perajin, Joyce (43), menunjukan kerajinan hiasan clay pensil bertema Imlek di Salatiga, Jawa Tengah, Senin (12/2). Menurut perajin permintaan kerajian clay dari tepung berupa hiasan pensil dan gantungan kunci bertema Imlek pada tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 700 biji yang sebelum hanya 250 biji untuk memenuhi permintaan ke Jakarta, Medan, Semarang dan Yogyakarta. Kerajinan tersebut dipasarkan seharga Rp10.000 hingga Rp20.000 per biji tergantung ukuran dan kesulitan dalam pembuatannya.

Melestarikan Budaya Sumut Melalui Ulos Oleh : Seli Alianti

Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan ulos yang merupakan kain khas suku batak. Kain ulos menjadi warisan turun temurun masyarakat suku batak. Berawal dari pencarian orang-orang batak yang hidup di daerah pegunungan, untuk memberikan kehangatan akan dinginnya udara pegunungan mengantarkan ulos menjadi hasil kerajinan seni budaya, yang sarat dengan arti dan makna. Selama berabad-abad perempuan batak menenun dengan alat tenun tradisional. Kain tenun ulos ini selalu digunakan dalam setiap upacara, kegiatan dan berbagai acara dalam adat suku batak. misalnya untuk perkawinan, kelahiran anak, sampai acara kematian. Ulos begitu memikat dengan berbagai warna alam yang didominasi hitam, merah, biru atau putih serta ragam tenun dari benang emas atau perak. Kain ulos ini mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi produk busana fashion dan mode. Corak tenun tampil elegan berpadu dengan kain yang ringan agar mudah digunakan, membuat para desainer menunjukan kelihaiannya mengolah kain tradisional dalam wujud busana. Selain itu, agar pengrajin ulos tidak memudar diperlukan pelatihan demi mendukung pengembangan tenun ulos. Namun, jika penenun ulos semakin tahun semakin pemimpin Umum: Tongariodjo angkasa Ginting Se, Mba, MM, MSc Wakil pemimpin Umum: dr. Finisia angkasa Staf Ahli: Dr. re Nainggolan, MM, Dr. ir. Jongkers Tampubolon, MSc, Drs. Nabari Ginting, Hasiholan Sidabutar Se, Ma, MM, Tjong Poh bun, ridwan Nasution, bambang eS, Johan

Terbit : 19 Juli 2012 Alamat Redaksi dan divisi Usaha Kompleks Bilal Central A1-A2, B1-B2 Jalan Bilal Ujung, Medan Telp. 061 - 6635664 email Redaksi: berita@Jurnalasia.com email Usaha: marketing@Jurnalasia.com

Wakil General Manager: Selamat ang pemimpin Usaha: berman Pasaribu ang Se, MM pjs pemimpin Redaksi/penanggung Jawab: rahmad S batubara Redaktur pelaksana: isvan Wahyudi Redaktur: Swisma Naibaho, Nasib Ts, Khairul anwar Dalimunthe aMd, andri DP

berkurang maka produksi kain ulos semakin sedikit. Harus diakui seandainya generasi muda ingun mengetahui dan mempelajari seni budaa batak, tidaklah semudah yang dibayangkan. sungguh banyak lembaga atau komunitas berkesenian yang siap menampung minat dan bakat putra-putri mereka di bidang seni dan budaya. Sandra Niessen, seorang ahli antropologi dari Belanda, mengatakan kain ulos semakin punah karena sedikitnya jumlah penenun. Dijelaskan lebih lanjut, bahwa jumlah penenun yang aktif sangat sedikit dan penenun yang aktif tersebut sudah lanjut usia. Bahkan sekarang, penjualan kain ulos didominasi oleh ulos yang dihasilkan dengan mesin, dengan harga yang rendah. Sandra juga mengatakan bahwa menenun ulos sekarang diindentikan dengan kemiskinan, banyak ibu yang malu dan tidak ingin jika anaknya menjadi penenun seperti dirinya. Menurut Maroker Siregar salah seorang pakar tenun ulos di Desa Huta Nagondang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, jenis-jenis ulos yang sudah tidak diproduksi antara lain jenis ulos Batak yang pada zaman dahulu biasa dikenakan di kalangan bangsawan. Ada pula kain ulos yang pada zaman dahulu digunakan sebagai pakaian sehari-hari,tetapi tidak banyak lagi dipakai karena harganya Staf Redaksi: Syahrial Siregar, bambang Nl SH, Netty Guslina, ari Wibowo, Hendra KoReSponden deliserdang: H alamsyah Siregar, refi arif Siregar Serdang Bedagai: Sugiono Binjai: Sri Masanah Bahorok: Menanti Ginting pematangsiantar/Simalungun: Togar Sinaga. Labuhanbatu: roberto Simatupang, M. Sibarani Tanah Karo: Herman Harahap Kaban Jahe: Hermon Ginting Sidikalang: ester Pandiangan Humbahas: Firman Tobing Solok: Yose rizal, elita Susanti SH Tanjungbalai: M. adi Sastra Langkat: badruddin Labusel: Negos Siregar Taput: Nelson Nainggolan, Se pakpak Bharat: Warikam

terlalu mahal. Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Tapanuli Utara, Gibson Siregar mengatakan masyarakat etnis Batak kini lebih memilih ulos yang dikerjakan dengan mesin dari pabrikan yang harganya lebih murah.Bahkan sudah sejak lama masyarakat banyak beralih menggunakan tenun songket dari Padang, Sumatera Barat, dan Palembang, Sumatera Selatan. Songket dipilih karena harganya lebih murah dan warnanya banyak yang cerah. Sementara motif ulos yang asli cenderung gelap. Agar kebudayaan tetap terjaga dan terus dilestarikan maka produk yang dihasilkan tidak memudar. Salah satu cara mengatasinya dimulai dari diri sendiri, seperti meningkatkan kesadaran bahwa ulos tenun batak adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang mempunyai nilai budaya yang tinggi dan harus dilestarikan. Cara lain adalah pemberdayaan kain ulos khusus generasi muda agar mempelajari teknik menenun dan motif-motif asli ulos batak. Marilah kita generasi Indonesia mulai mencintai dan melestarikan budaya bangsa, di samping menikmati budaya dari luar. Jangan sampai anak cucu kita tidak mengenal dan melestarikan keanekaragaman budaya kita, apalagi sampai tidak mengetahui budaya asli kita sendiri. Penulis adalah alumni FKiP UmSU Keuangan: ratnawati S Kom, betaria Gita Wahana S Kom Rekening: bank Mandiri no 106 001 0849 399 a\n PT. Media angkasa penasehat Hukum: Sukiran SH, M.Kn, asman Siagian SH, MH dicetak oleh: PT. Karya Cetak angkasa, Jl. bilal ujung (Komp. bilal Central No. 12-12a) Medan (isi di luar tanggung jawab percetakan) SeLURUH staf dan wartawan Harian Jurnal asia tidak dibenarkan untuk meminta dan/atau menerima apapun dari narasumber baik dalam bentuk amplop, uang, honor, biaya transportasi, biaya akomodasi, hadiah, maupun berbagai bentuk gratifikasi lainnya. Jika terdapat hal tersebut di atas, silakan kirim SMS ke 0852 9776 1000. Kami juga menerima segala bentuk kritik, saran, pelaporan, dan pertanyaan demi kemajuan Harian Jurnal asia.


SelaSa 13 Februari 2018

23

OLAHRAGA

Tim Wushu Indonesia Jalani Pemusatan Latihan ke Rusia Jakarta | Jurnal Asia Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) mengirim atlet yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018 ke Rusia untuk menjalani pemusatan latihan sebelum resmi bertanding pada kejuaraan empat tahunan itu di Jakarta-Palembang. Sekjen PB WI Ngatino di Jakarta, Minggu, mengatakan atlet yang dikirim ke Rusia adalah untuk disiplin Sanda atau tarung. Dan yang menjadi salah satu alasan dikirimnya atlet ke Eropa karena negara tersebut kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. “Rusia itu kuat di Sanda. Makanya ini menjadi pertimbangan PB WI untuk mengirimkan atlet ke sana. Rencananya mereka akan berangkat 14 Februari,” katanya di sela Rakernas PB WI di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta. Menurut dia, atlet Sanda yang dikirim ke Rusia berjumlah tujuh atlet dengan rincian empat atlet putra dan tiga atlet putri. Bagi PB WI bukan satu-satunya negara tujuan untuk menjadi negara tujuan pelatnas. Namun, ada beberapa negara lain di antaranya Iran. “Setelah dari Rusia langsung ke Iran. Kira-kira sekitar satu bulan kita akan menjalani pemusatan latihan di sana,” kata Ngatino menambahkan. Iran bakal menjadi pesaing Indonesia untuk disiplin Sanda Asian Games 2018. Namun, apa yang dilakukan PB WI bukan tanpa alasan karena Iran merupakan negara kedua setelah China yang merajai wushu disiplin Sanda. Kemampuan atlet dari negara Timur Tengah itu sudah tidak diragukan lagi. “Setelah dari kejuaraan dunia (sanda), juaranya dari Iran makanya kami juga mengirim atlet ke sana untuk meningkatkan kemampuan,” kata manajer pelatnas tim Indonesia, Iwan Kwok. Untuk disiplin Sanda, Indonesia memang belum seberapa mempunyai prestasi. Namun, perkembangannya cukup bagus setelah menempatkan satu atletnya meraih perunggu di kejuaraan dunia. Dengan demikian, peluang untuk meraih medali Asian Games 2018 tetap terbuka. Indonesia selama ini kuat di sektor seni. Sebut saja nama Lindswell Kwok hingga Juwita Niza Wasni yang sudah kenyang pengalaman termasuk menjadi juara dunia. Hanya saja, untuk Asian Games 2018 tetap harus kerja keras karena atlet China, Malaysia maupun Vietnam bakal unjuk kemampuan. (oz/put)

Atletik Target Juara Umum Medan | Jurnal Asia Kontingen Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Medan mengincar juara umum pada arena Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwilsu) yang akan digelar di Medan, April mendatang di stadion Unimed. “Untuk mengulangi kesuksesan tampil sebagai juara umum pada Kejurda Atletik Piala Gubsu 2017. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik karena Medan bertindak sebagai tuan rumah’ ujar pelatih atletik Medan, Bulan Sinaga di Medan, Senin (12/2). Diakui, persaingan di arena cabor atletik Porwilsu, sebagai kualiikasi menuju Porprovsu, pastilah ketat, sehingga dibutuhkan komitmen dan kerja keras bersama untuk meloloskan target yang sudah dicanangkan para pengurus dan pelatih. Dia mengatakan Medan yang berada di wilayah I bersaing dengan daerah Sergai, Langkat, Simalungun, Batubara, Nias Selatan, Nias Barat dan Dairi. “Melihat peta kekuatan daerah dari cabor atletik Mudah-mudahan target untuk meraih juara umum dapat tercapai. Namun para atlet atletik tetap dipersiapkan dengan maksimal” jelasnya. Ia menjelaskan kontingen Medan direncanakan akan menurunka Fahrul Azhari, Lorenzho Sinaga, Andika Syahputra, Tan Sri Simamora, Loudry Rafael Sinaga, Kan Wal Sing, Leandro Sinaga, Bunaya Zaki, Agum Prabowo Azhar, Fahri Ramadan, Pramoedya Sufallah, Fajar Rahmatullah, M. Maulana, Raja Fadhil Nasution, Putri Dina, Roma Maranatha, Yolanda Tarigan, Tasya Veronica, Syifa Armianti, Rahel Sitorus, Maulida Sari, Halimatussadiah dan Sheila Salsabilla. “Untuk nomor yang diikuti antara lain lari jarak pendek 100 m, 200 m 400 m. Lari jarak menengah 800 m,1500 m, 5000 m,5000 m jalan cepat,l ompat jauh, lompat tinggi, tolak peluru, lempar lembing, lempar cakram dan lontar martil” pungkasnya. (bambang nl/put)

Kembalikan Masa Kejayaan Perkemi Sumut Medan | Jurnal Asia Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kota Medan sukses menggelar Kejuaraan Shorinji Kempo Kota Medan II Tahun 2018 di Gelanggang Remaja, Jl. Sutomo, Medan. Acara yang berlangsung 10-11 Februari itu diikuti 23 Dojo dari 5 kabupaten kota di Sumut, yakni Medan, Binjai, Langkat, Deliserdang dan Tanjungbalai. Ketua Panitia Perkemi Pengkot Kota Medan Jovan Imanta Christian mengatakan, acara ini sebelumnya dibuka oleh Ketua KONI Kota Medan Eddy H.Sibarani. Selain itu, penyelenggaraan event tersebut didukung Kepala Pengamanan Lapas (KPL) Klas I Medan, Bistok Oloan Situngkir, Direksi PT. Bintang Utara 1968 Senpai Hotland Sibarani dan Senpai Darwin. “Secara khusus panitia mengucapkan terima kasih kepada Senpai Bistok Oloan Situngkir yang memberikan apresiasi uang pembinaan kepada setiap Dojo yang mengirimkan atlet-atletnya bertanding di event ini. Panitia Kejuaraan juga berterima kasih kepada Sensei Nurdin Dewan Guru PB Perkemi yang bersedia hadir memenuhi undangan panitia kejuaraan,” ucap Ivan. Dijelaskannya, Kejuaraan tersebut merupakan program rutin pengurus kota (Pengkot) Medan guna menjaring bibit atlet muda dan mewujudkan visi-misi KONI Kota Medan yakni menjadikan Medan Kota Atlet. Dalam kejuaraan tersebut ada dua nomor besar yang dipertandingkan yakni, Embu (kerapian teknik) dan Randori (perkelahian bebas terbatas) dengan kategori umur pemula, remaja dan dewasa. Dari tiga kategori tersebut ada 32 kelas yang dipertandingkan. Sementara itu KPLP Lapas Klas I Medan Bistok Oloan Situngkir mengatakan, pelaksanaan pertandingan ini diharapkan kepada seluruh Kenshi dapat bersama sama membangun Perkemi Sumut.Tidak terkotak-kotak apalagi mementingkan kepentingan pribadi. “Mari kita bersama sama mengembalikan masa kejayaan Perkemi Sumut dengan bersatu dengan tujuan yang satu, kita pasti bisa,” pungkas Bistok. Adapun juara umum pada Kejuaraan S horinji Kempo Kota Medan II-2018 yakni, Juara Umum I Dojo Ibnu Sina Medan dengan meraih 7 Emas, 5 Perak dan 8 Perunggu. Juara Umum II Dojo Petragas Brandan Langkat dengan meraih 5 Emas, 8 Perak dan 3 Perunggu. Juara Umum III Dojo Thamrin Medan dengan meraih 5 Emas, 0 Perak dan 3 Perunggu. (markus/put)

Jurnal Asia | Markus Atlet JuArA. Atlet Perkemi yang meraih gelar juara saat berpose bersama dengan Panitia pelaksana Kejuaraan Shorinji Kempo Kota Medan II Tahun 2018, di Gelanggang Remaja, Jl. Sutomo, Medan.

Untuk Asian Games 2018

Venue Taekwondo Masih Butuh Perbaikan Jakarta | Jurnal Asia Pelatih Kepala Taekwondo Indonesia nomor kyorugi (tarung), Lee Sun Jae, menilai arena taekwondo untuk Asian Games 2018 butuh peningkatan dari yang digunakan dalam turnamen uji coba (test event) bertajuk “invitation tournament” Asian Games 2018.

“Dalam Asian Games 2018 ini, saya rasa ada hal yang krusial, terutama masalah panggung pertandingan yang tidak sesuai Federasi Taekwondo Dunia (WTF) dan sistem,” kata Lee di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Lee menjelaskan, panggung pertandingan yang digunakan dalam test event ini sendiri,

Antara | Akbar Nugroho Gumay Atlet taekwondo Korea Selatan Ji Soo Moon (kanan) beradu jurus dengan atlet taekwondo Filipina Keno Mendoza dalam partai inal nomor putra -63 Kg cabang taekwondo 18th Asian Games Invitation Tournament di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (11/2).

belum sesuai dengan ketentuan WTF dengan tinggi 60 sentimeter (cm) hingga 1 meter, dengan jarak pinggir panggung ke tepi matras sekira 12 meter. “Saya berharap, di Asian Games nanti, persoalan seperti ini, tidak terjadi lagi,” ucap pelatih berpaspor Korea Selatan tersebut. Selain permasalahan arena pertandingan, masalah transportasi juga menjadi sorotan. Pelatih kyorugi Indonesia, Tauik Krisna, menilai masih banyak yang harus diperbaiki dalam persoalan transportasi yang disediakan panitia. Permasalahan yang ada, kata Tauik, terkadang para atlet dan oisial harus menunggu lama untuk mendapatkan unit mobil antar-jemput dan harus memesan secara mendadak pada hari sebelumnya atau sejak pagi hari. “Biasanya, tutur dia, dalam kompetisi multicabang yang biasa mereka ikuti, panitia pelaksana menyediakan unit bus yang lalu lalang dengan kepastian jadwal, sehingga tidak perlu memesan dulu jika butuh mendadak. Sekarang mungkin masih belum terlihat karena pesertanya masih sedikit, tapi nanti ketika banyak negara yang ikut serta akan menyulitkan sekali,” ujar Tauik. Sementara itu, atlet asal Korea Selatan, Park Sang Uk, menilai tidak ada kekurangan yang ada baik dari aspek transportasi hingga wisma atlet dalam test event ini, walau dia sedikit mengkritis persoalan lalu lintas di ibu kota. (oz/put)


24

SelaSa 13 Februari 2018

SPORT

Live 02:45 WiB

Perkiraan Pemain: Juventus Pelatih Allegri 4-3-3 :

Laga Panas Juventus akan menjamu Tottenham Hotspur di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Allianz Stadium, malam ini, Rabu (14/2) dinihari pukul 02:45 WIB. Sejak memulai kompetisi Eropa ini dengan kekalahan 0-3 di Camp Nou, Si Nyonya Tua berhasil bangkit secara brilian. Mereka catatkan rekor tak terkalahkan

Head To Head Sab 05/08/17 CLF Tottenham Hotspur FC 2 – 0 Juventus Sel 26/07/16 ICC Juventus 2 – 1 Tottenham Hotspur FC

Lima Pertandingan Terakhir Juventus Sel 23/01/18 SEA Juventus 1 – 0Genoa Min 28/01/18 SEA Chievo 0 – 2 Juventus Rab 31/01/18 COI Atalanta 0 – 1 Juventus Min 04/02/18 SEA Juventus 7 – 0 Sassuolo Sab 10/02/18 SEA Fiorentina 0 – 2 Juventus

Tottenham Hotspur Min 28/01/18 FAC Newport County 1 – 1 Tottenham Hotspur FC Kam 01/02/18 LIP Tottenham Hotspur FC 2 – 0 Manchester United FC Min 04/02/18 LIP Liverpool FC 2 – 2 Tottenham Hotspur FC Kam 08/02/18 FAC Tottenham Hotspur FC 2 – 0 Newport County Sab 10/02/18 LIP Tottenham Hotspur FC 1 – 0 Arsenal FC

dalam lima pertandingan berikutnya dan masuki babak sistem gugur kompetisi untuk kesembilan kalinya dalam sejarah. Mereka mengalahkan Olympiakos 2-0 dan Sporting Lisbon 2-1, serta bermain imbang 0-0 kontra Barcelona pada tiga pertandingan kandang selama periode tersebut. Tottenham Hotspur pun masuk ke grup neraka bersama Real Madrid dan Borussia Dortmund, meski pada akhirnya berhasil duduki puncak klasemen grup dengan rekor tak terkalahkan dalam lima pertandingan dan hanya satu kali seri. Di laga tandang, mereka telah kalahkan APOEL Nicosia, 3-0, dan Dortmund, 2-1, lalu bermain imbang 1-1 di Santiago Bernabeu. Sementara, Juventus datang ke pertandingan ini dengan modal 11 kemenangan di semua kompetisi, termasuk menang di laga tandang, 2-0, tepatnya di markas Fiorentina pekan lalu. Selain itu, mereka tak kebobolan satu gol pun selama periode itu. Spurs juga dalam performa cemerlang, di mana mereka berhasil jalani 12 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi. Pada Sabtu (10/2) lalu, Spurs mendapat tambahan motivasi tinggi setelah kalahkan Arsenal, 1-0, di derby London Utara. Namun, skuad Pochettino agak ceroboh di laga tandang. Tiga tandang terakhir berujung imbang dan hanya memenangkan tiga dari 12 laga terakhir di semua kompetisi. Selain itu, Spurs belum bisa memenangkan tandang melawan tim-tim papan

atas. Mengingat catatan Juventus yang sangat bagus di kandang, tuan rumah Juventus didukung untuk memenangkan pertandingan ini dengan skor tipis. Prediksi Skor : Juventus 2-1 Tottenham Hotspur. Diketahui bahwa Juventus dan Tottenham sama-sama memenangi satu pertandingan, serta kalah dalam satu dari dua pertemuan sebelumnya, saat kedua tim bertemu di laga persahabatan.

01 G. Bufon, 26 S. Lichtsteiner, 04 M. Benatia, 03 G. Chiellini, 12 Alex Sandro, 06 S. Khedira, 08 C. Marchisio, 05 M. Pjanic, 09 G. Higuaín, 17 M. Mandžukic,33 F. Bernardeschi

Tottenham Hotspur Pelatih M.Pochettino 4-2-3-1 : 01 H. Lloris, 05 J. Vertonghen, 02 K. Trippier, 33 B. Davies, 06 D. Sánchez, 19 M. Dembélé, 23 C. Eriksen, 20 D. Alli, 15 E. Dier, 07 Son Heung-Min, 10 H. Kane

Sedangkan statistik diperoleh, Juventus tak terkalahkan dalam 19 dari 21 laga Liga Champions ter-anyar. Kemudian Tottenham memenangkan enam dari tujuh laga Liga Champions terakhir. Bahkan Lebih dari dua gol tercipta dalam tujuh dari delapan laga terakhir Tottenham di Liga Champions. Selain itu, Juventus mencetak kurang dari dua gol dalam tiga pertandingan terakhir di Liga Champions. (gb/put)

Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Februari 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Februari 2018

Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Februari 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Selasa, 13 Februari 2018

Advertisement