Page 1

Sumut Peringkat Dua Pengguna Narkoba Halaman 2 sabtu, 12 mei 2018 nomor 1.662 tahun Vi

Rp3.000 (Luar Kota + ongKos Kirim)

Umat Muslim Desak Amerika Bebaskan Baitul Maqdis harianjurnalasia

HarianJurnalAsia

jurnalasia.com

Pasca Kerusuhan Teroris, Markas Didatangi OTK

Brimob Tewas Disabet Pisau Beracun

Halaman 3

Jokowi: Politik Itu Banyak Jahatnya! Halaman 4

Sawit RI Dimoratorium Kemiskinan Bisa Meningkat Halaman 9

Hari Ini, Debat Kedua Pilgubsu Digelar Bahas Pembangunan Berkeadilan dan Setara

Antara | Indrianto Eko Suwarso DIBAWA KE RUMAH DUKA. Petugas kepolisian memberi hormat saat mobil yang mengangkut jenazah anggota Brimob korban penikaman, Bripka Marhum Prencje di bawa menuju rumah duka dari Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jum’at (11/5). Anggota Intelmob Korps Brimob tersebut tewas setelah ditikam orang tidak dikenal (OTK) pada Kamis (10/5) malam, pasca kerusuhan di rutan cabang Salemba Mako Brimob. Jakarta | Jurnal asia Pasca kerusuhan napi teroris di Mako Bri­ mob kemarin, Jumat (11/5) dinihari kembali terjadi peristiwa maut di lokasi yang sama. Se orang petugas tewas akibat disabet pisau beracun. Dalam insiden ini, pelaku terpaksa ditembak mati karena melakukan perlawanan. Tendi Sumarno (23) didor petugas setelah me lakukan penusukan, terhadap Bripka Marhum Frence. Profil lengkapnya masih ditelusuri. Informasi yang diketahui sejauh ini Tendi adalah warga Kampung Buniara RT 22/04 Desa Buniara, Tanjungsiang, Subang, Jawa Barat. Jenazah Tendi saat ini berada di RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur. Peristiwa terjadi pada Kamis (10/5) sekitar pukul 23.00 WIB. Saat itu korban sedang me­ lakukan pengamanan di depan Mako Brimob dan mencurigai pelaku yang berada di depan

RS Bhayangkara. Korban kemudian membawa pelaku de­ ngan berboncengan motor ke Mako Brimob. Pelaku dibawa ke kantor Satintel Brimob saat itu. Namun setibanya di kantor Satintel Bri­ mob, pelaku mengeluarkan pisau dari bawah kemaluannya, lalu menusuk korban. Korban pun berteriak meminta tolong dan kemudian anggota lain yang melihat kejadian itu menembak pelaku. Korban sempat dibawa ke RS Bhayangkara yang ada di dekat Mako Brimob, namun nyawanya tak tertolong. Terkait kejadian ini, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan senjata tajam yang digunakan Tendi Sumarno (23) saat menyabet Bripka Marhum Frence diduga beracun. Bripka Frence gugur saat dalam penanganan medis. (bersambung ke halaman 11)

“ini luka yang sangat kecil. Kemungkinan besar ini beracun, ini sedang diperiksa Puslabfor.” Kapolri tito Karnavian

Djarot: Pelaku UMKM Harus Diberi Perlindungan

“Buah di Sumut Melimpah, Kenapa Harus Impor?” medan | Jurnal asia Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat mengatakan, perlindungan kepada para para pelaku usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) harus diberikan agar tidak sampai kalah bersaing dengan perusahaan­perusahaan raksasa. “Kalau UMKM ini dilepas akan habis digilas perusahaan­perusahaan raksasa,” kata Dja­ rot dalam Acara Rakorwil I dan Pelantikan Pengurus DPW Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (Akurindo) Sumatera Utara, bertempat di Convention Le Polonia Hotel, Medan, Jumat (11/5). Pada kesempatan itu, Djarot meng­ ungkapkan, bagaimana tugas utama pengurus DPW untuk mengibarkan kepengurusan di 33 kabupaten/kota di Sumut, membina pelaku UMKM agar usahanya maju dan mereka rindu untuk berkelompok. (bersambung ke halaman 11)

medan | Jurnal asia Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar debat putaran kedua pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Sumut di Hotel Adi Mulia, Sabtu (12/5) hari ini. Debat publik putaran kedua yang disiarkan secara langsung oleh Metro TV ini mengangkat tema “pembangunan yang berkeadilan dan setara”, diperkirakan akan berlangsung seru. “Mekanisme tetap enam segmen. Tema yang akan dibawa terkait tentang pembangunan yang berkeadilan dan setara,” kata ketua KPU Sumut Mulia Banurea, Jumat (11/5). Mulia menyebutkan sebelum pelaksanaan debat, KPU Sumut telah mengundang 50 orang aktiis, NJO, rektor dan akademisi untuk menyusun tema ini. Kemudian, sejumlah pertanyaan disusun oleh tujuh orang panelis. Tentunya panelis harus membuat surat pernyataan tidak akan berpihak pada paslon. (bersambung ke halaman 11)

Antara | Irsan Mulyadi Ketua KPU Sumut Mulia Banurea (kiri), Komisioner KPU Ilham Saputra (kedua kanan), bersama calon gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi (kedua kiri) dan Djarot Saiful Hidayat (kanan).

Waspadai Peredaran Upal Jelang Puasa 2 Pria Diciduk di Medan Timur

Jurnal Asia | Ist DjARot saat diulosi pada acara Rakorwil I DPW Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (Akurindo) Sumatera Utara.

medan | Jurnal asia Semakin meningkatnya kegiatan perekonomian menjelang bulan puasa dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk mengedarkan uang palsu (upal). Jumat (11/5), ada 2 orang pria ketangkap basah berbelanja upal di Jalan Alfalah Pasar III Kecamatan Medan Timur. Informasi dihimpun wartawan, dalam aksinya kedua tersangka pengedar upal yakni Hadli Al Fajri (26) penududuk Jalan Sutomo Ujung Medan dan M Sanusi Santoso (21) penduduk Jalan HM Said Gg Yahya, mendatangi sejumlah toko dan warung di lokasi kejadian yang letaknya berdekatan dengan Kampus UMSU. (bersambung ke halaman 11)


2

Sabtu 12 MEI 2018

medan Antisipasi Tragedi di Mako Brimob Depok

Kalapas dan Karutan se-Sumut Diinstruksi Siaga

Jurnal Asia | Ist

DISKUSI PUBLIK. Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Irjen Pol Drs Arman Depari (nomor tujuh dari kanan) menjadi narasumber dalam Diskusi publik “Narkoba Perang Zaman Now” yang diselenggarakan Forum Jurnalis Medan di Aula UISU Medan, Jumat (11/5).

Sumut Peringkat dua Pengguna narkoba Medan | Jurnal Asia Sumatera Utara (Sumut) menduduki peringkat nomor dua tertinggi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia setelah DKI Jakarta. Kondisi ini disebabkan pengawasan di garis pantai relatif lemah. “Narkoba tidak mengenal tempat dimana seseorang tinggal, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Bahkan, saat ini pergeseran pola penyebaran penyalahguna narkoba menyasar wilayah pedesaan,” ujar Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Irjen Pol Drs Arman Depari menjadi narasumber dalam Diskusi publik “Narkoba Perang Zaman Now” yang diselenggarakan Forum Jurnalis Medan di Aula UISU Medan, Jumat (11/5). Dikatakan Arman, dari total jumlah penduduk Indonesia tercatat sekitar 4-5 juta orang atau sekitar 2,2 persen yang menjadi korban penyalahguna narkoba. Survei tahun 2015, Sumut masih pada peringkat 3. Saat ini, lanjut Arman, Sumut sangat pesat

untuk peredaran narkoba. Selain banyaknya pelabuhan-pelabuhan ‘tikus’ di pantai timur Sumatera, Sumut juga salah satu daerah yang dekat dengan Malaysia. Arman mengungkapkan, di luar Sumut, daerah yang mayoritas kota pelajar seperti Yogyakarta juga sudah dimasuki para bandar narkoba. “Bahkan, Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar sudah menduduki peringkat ke tujuh di Indonesia untuk peredaran narkoba,” beber Arman. Oleh karena itu, Arman menilai, Indonesia sudah memasuki status bahaya narkoba. Ditambah lagi, setiap hari puluhan orang meninggal sia-sia karena penggunaan narkoba. “Per hari ada 37-40 orang meninggal sia-sia karena penyakit yang ditimbulkan narkoba di Indonesia. Saraf pada otak kita langsung diserangnya. Narkoba tidak mengenal umur, tidak mengenal jenis kelamin, tidak mengenal anak-anak, semua jadi sasaran,” tambah

Arman. Diskusi yang dihadiri puluhan jurnalis di Medan dan para mahasiswa di UISU turut hadir Prof Efendi Barus PR III UISU, Iqbal Nasution mewakili Pembina Yayasan. Prof Efendi Barus sangat berterimakasih kepada panitia atas pemilihan tempat pelaksanaan diskusi. “Kami juga sedang mewacanakan di UISU agar dilakukan pencegahan penyalahguna narkoba. Diawali dari penerimaan mahasiswa hingga akan mengikuti meja hijau, itu akan kita wacanakan,” katanya. Mewakili Forum Jurnalis Medan Amrizal mengatakan, bahwa insan jurnalis di Medan ingin turut berperan dalam pemberantasan narkoba. “Jika selama ini kami memberitakan, bahkan kami melihat korban narkoba bukan hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak. Kami mengajak mahasiswa turut berperan dalam memberantasnya,” pungkas Amrizal. (ial/rol)

Medan | Jurnal Asia Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Sumatera Utara Kementerian Hukum dan HAM, menginstruksi seluruh Kepala Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan untuk siaga. Selain itu, seluruh Kalapas dan Karutan di jajaran Kanwil Sumut Kemenkumham, diminta berkoordinasi dan bekerjasma dengan Polres setempat untuk memperketat pengawasan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi pemberontakan oleh narapidana teroris, seperti terjadi di Mako Brimob, Depok. “Jadi setiap Lapas dan Rutan yang ada narapidana terorisnya, mereka sudah membangun koordinasi secara intensif dengan Polres setempat. Hal itu sudah kita laksanakan,” ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Sumatera Utara Kemenkumham, Hermawan Yunianto ketika dikonirmasi wartawan, Jumat (11/5) siang. Lebih lanjut, diakui Hermawan kejadian di Mako Brimob itu, gaungnya sampai ke daerah-daerah. Oleh karena itu dikatakan Hemawan pihaknya merespon, meskipun untuk di Sumatera Utara, tinggal sekitar 5 sampai 6 narapidana teroris lagi yang ditahan di Lapas dan Rutan. Disebutnya, narapidana teroris yang ditahan saat ini ada di Labuhan Ruku, Panyabungan dan Rutan Perempuan. Kepala Subbagian Penyusunan Pelaporan, Humas dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Sumut, Josua Ginting mengatakan, pihaknya tetap mewaspadai kejadian di Mako Brimob, Depok. Oleh karena itu, diakui Josua pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisian. “Kita tetap siaga. Kita tetap antisipasi khusus untuk itu, “ ujarnya. Disinggung apa akan ada penambahan personil ke tahanan narapidana teroris, Josua mengaku tidak ada. Dikatakannya hal itu karena pihaknya masih kekurangan personil. Oleh karena itu, Josua mengatakan, pihaknya meningkatkan pembinaan narapidana. Hingga kini ditegaskan Josua, untuk di Sumut masih aman dan kondusif. (markus/rol)

Dunia Usaha Miliki Peran Besar Lindungi Hak Anak Medan | Jurnal Asia Selain pemerintah, dunia usaha merupakan salahsatu pihak yang memiliki peran besar dalam melindungi hak-hak anak. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Brigjen (Purn) Dr Nurhajizah Marpaung SH MH saat membuka Workshop Nasional dan Regional Stakeholder Meeting Komitmen Implementasi Children’s Rights and Business Principles (CRBP), di Hotel Grand Mercure, Medan, Jumat (11/5). Wagubsu Nurhajizah berpendapat, dunia usaha dengan kekuatannya (power) yang besar, baik dari segi inansial maupun kebijakan, bisa menjadi salahsatu garda terdepan dalam melindungi anakanak. “Sayangnya, praktik-praktik di lapangan yang sering kita temui adalah perusahaaan-perusahaan banyak yang melakukan eksploitasi terhadap anak. Anak-anak tidak hanya dipekerjakan dengan upah serendah-rendahnya, tetapi juga diberi pekerjaan yang terkadang membahayakan keselamatan dan moral anak,” ujarnya. Nurhajizah setuju bahwa salahsatu sektor dunia usaha di Sumatera Utara (Sumut) dengan praktik pekerja

anak yang paling sering ditemukan di lapangan adalah sektor perkebunan, khususnya perkebunan sawit. Wagubsu menceritakan keprihatinannya saat berkunjung ke Asahan beberapa tahun yang lalu dan menyaksikan anak-anak yang bekerja di perkebunan sawit. “Jujur saya merasa iba, anak-anak masih kecil mengangkat sawit, beberapa ada yang sambil merokok. Dimana peran kita, orang dewasa, membiarkan anak-anak kita terenggut masa kecilnya secepat itu,” katanya. Meskipun perusahaan perkebunan kelapa sawit memberikan kontribusi ekonomi, kata Nurhajizah, namun di sisi lain keberadaannya menghadirkan bentuk pekerjaan terburuk untuk anak, khususnya kelompok anak kebun dan anak kampung. Tidak hanya kehilangan tempat bermain, kedua kelompok anak ini juga harus mengalami keterbatasan dalam pemenuhan hak dasar. Seperti akses sumber air bersih, infrastruktur jalan, jembatan, dan lingkungan yang aman. Untuk itu, Wagubsu sangat mengapresiasi terlaksananya Workshop dan Meeting Komitmen Implementasi Hak Anak di Sektor Perkebunan Kelapa Sawit. Dihadiri oleh banyak stakeholder

terkait, Wagubsu berharap pertemuan tersebut memberikan pemahaman dan meningkatkan pengetahuan tentang hak-hak anak di sektor bisnis. “Dimana nantinya, hasil akhir dari pertemuan ini adalah komitmen untuk menghormati dan mendukung hak-hak anak di segenap kegiatan usaha dan hubungan usahanya, termasuk di tempat kerja, di pasar, di kalangan masyarakat dan di lingkungannya,” harap Nurhajizah. Sebelumnya, Direktur Eksekutif Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA,) Keumala Dewi selaku penyelenggara acara menyampaikan, acara ini merupakan bentuk komitmen dari semua elemen yang ada dalam proses penerapan CRBP. “Melalui kegiatan ini, kami PKPA, ICCO Cooperation, dan Civic Engagement Alliance Indonesia bekerja sama untuk menjangkau tiga pilar yakni, pemerintah, komunitas kebun kelapa sawit, dan kelompok anak. Tujuannya untuk menghasilkan sebuah lingkungan yang ramah bagi anak,” jelas Keumala. Dengan slogan “Care Today, Lead Tomorrow”, Keumala dan pihak penyelenggara lainnya berharap usahausaha kepedulian dan perhatian yang

mereka lakukan untuk anak-anak saat ini, bisa menjadi investasi jangka panjang yang akan menjadikan mereka pemimpin di masa depan. Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Deputi LPDU-PM Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Muhammad Ihsan MA, Kepala Sekretariat Komisi Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) Ir R Aziz Hidayat, Perwakilan ICCO Cooperation Kiswara

Prihandi, Perwakilan CNV International Amalia Falah, Perwakilan dari UNICEF Lukita Wardhani, Perwakilan PT SMART/ GAR, Tim perumus CRBP Dr Ahmad Sofian SH MA. Sedangkan Wagubsu didampingi oleh Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Hj Nurlela SH M.AP, Kadis Kominfo Provsu Drs H Mhd Fitriyus SH dan Plt Kadis Ketenagakerjaan Provsu Fransisco Bangun. (markus/rol)

Jurnal Asia | Ist

BERI SAMBUTAN. Wagubsu Dr Hj Nurhajizah Marpung SH MH memberikan sambutan sekaligus membuka Workshop Nasional dan Regional Stakeholder Meeting Komitmen Implementasi Hak Anak di Sektor Bisnis Perkebunan Kelapa Sawit Ruang Lily Meeting Room Hotel Grand Mercure Medan, Jumat (11/5).


Sabtu 12 MEi 2018

3

MEDAN

Umat Muslim Desak Amerika Bebaskan Baitul Maqdis

Antara | Irsan Mulyadi

AKSI SOLIDARITAS PEDULI PALESTINA. Dua anak memegang poster ketika ikut berunjuk rasa yang digelar Komite Nasional Peduli Palestina di depan Konjen Amerika Serikat, di Medan, Jumat (11/5). Aksi bertemakan “Bebaskan Baitul Maqdis” tersebut merupakan penolakan atas keputusan pemerintah Amerika Serikat yang memindahkan Kantor Kedutaan Besar AS untuk Israel ke Yerusalem. Medan | Jurnal Asia Ratusan massa yang tergabung dalam Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) menggelar aksi unjukrasa damai di depan Kantor Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) di Jalan MT Haryono Medan, Jumat (11/5). Dalam aksinya massa mengecam tindakan brutal Israel terhadap rakyat Palestina, bebaskan Baitul Maqdis sekaligus menolak Yerussalem sebagai ibukota Israel seperti yang diklaim oleh

Pemerintah AS. Salah seorang orator aksi, Ustad Rafidinal menjelaskan setelah Zionis Israel mendeklarasikan diri 14 Mei 1848 silam, sejak saat itu lebih dari setengah penduduk Palestina terusir dari tanah air mereka. Satu juta lebih dipaksa keluar dari rumah-rumah mereka. “Banyak nyawa yang melayang karena kebrutalan yang dilakukan oleh zionis Israel,” ujarnya. Oleh karenanya, hingga hari ini aksi

damai kembali ke tanah air Palestina terus dilakukan dengan tuntutan mendapatkan kembali hak atas tanah air mereka. ”Dan akhiri blokade terhadap Gaza, sekaligus menolak keputusan Amerika Serikat yang menjadikan Yerussalem sebagai ibukota Israel,” jelas Rafdinal di tengah gelombang massa. Atas dasar kemanusiaan dan amanah konstitusi, lanjutnya menjelaskan, KNRP menyampaikan 9 tuntutan aksi di antaranya mendorong pemerintah RI untuk menggalang dukungan internasional dalam rangka membela rakyat Palestina meraih hak-haknya. “Menyeru dan mengajak seluruh masyarakat dunia untuk lebih kuat dalam menyatakan dukungannya terhadap Yerussalem sebagai ibukota Negara Palestina,” ungkapnya. Serta meminta PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) untuk memberlakukan resolusi No.94 Tahun 1948 yang menjamin hak pengungsi Palestina untuk kembali dan hidup sebagai bangsa merdeka. “Dan mendesak PBB untuk menyeret Israel, para pemimpinnya dan mereka semua yang terlibat dalam kejahatan kemanusiaan, dan perampasan Hak kemanusiaan bangsa Palestina ke Pengadilan Internasional,” tandasnya. Pantauan wartawan, aksi unjukrasa yang berlangsung mendapat pengawalan ketat personel kepolisian. Usai menyampaikan aspirasinya dengan menggelar orasi secara bergantian, massa membubarkan diri dengan tertib. (bowo/rol)

Pemprovsu Semakin Gencar Menata KJA di Danau Toba Medan | Jurnal Asia Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Nurhajizah Marpaung mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terus melakukan penataan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Toba. Penataan dilakukan agar salah satu danau terbesar di dunia itu bersih dari limbah budi daya ikan sehingga bisa maksimal sebagai objek wisata. “Tahun 2017 produksi ikannya (melalui KJA) turun sekitar 35.000 ton, terus menurun sebelum adanya Pergub soal ini dan angka itu akan kita dorong terus turun sampai 10.000 ton per tahun,” kata Wagubsu di Medan, Jumat (11/5). Dikatakannya, warga sekitar Danau Toba khususnya pengusaha KJA tidak keberatan

mengangkat keramba miliknya ke tempat lain asalkan pariwisata di Danau Toba dibenahi dan dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian. “Kalau ikan kurang terlalu banyak minatnya. Tapi kalau wisata meningkat, mereka mau jual makanan, minuman, oleholeh, dan lainnya pasti laku. Jadi kita harap pemilik dapat memindahkan kerambanya,” ucapnya. Lebih lanjut Wagubsu menjelaskan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara dalam penataan KJA-KJA tersebut. “Jika ini terus kita lakukan secara terus-menerus maka dalam tiga tahun ke depan target produksi ikan 10.000 ton/tahun di Danau Toba akan tercapai,” tukasnya. (anol/rol)

PENGUMUMAN Dengan ini diberitahukan bahwa dengan akte Berita Acara Pembubaran Yayasan Muzdalifah Nur Aini Amal tertanggal 08 Mei 2018 Nomor 5 dibuat dihadapan Risna Rahmi Arifa , SH. Notaris di Medan. Telah diadakan Pembubaran YAYASAN MUZDALIFAH NUR AINI AMAL berkedudukan di Medan, dengan menunjuk Saudara MUHAMMAD IQBAL, Pekerjaan Wiraswasta, bertempat tinggal di Kota Medan, Jalan Garu VI Gang Merak No. 15-A selaku likuidator Yayasan Muzdalifah Nur Aini Amal tersebut. Segala keberatan-keberatan tentang pembubaran Yayasan Muzdalifah Nur Aini Amal dapat diajukan ke Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Sub Direktorat Perdata, Jalan H.R. Rasuna Said Kav.6-7 Kuningan-Jakarta, terhitung sejak 30 (tiga puluh) hari sejak pengumuman ini dibuat guna memenuhi ketentuan Pasal 65 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Demikian diberitahukan untuk dapat dimaklumi. Likuidator Dto MUHAMMAD IQBAL

Wagubsu Umumkan Vivi jadi Putri Pariwisata Sumut 2018

Dorong Aktivitas untuk Bakat Anak Muda Medan | Jurnal Asia Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nuhajizah Marpaung SH MH mengumumkan nama Vivi sebagai pemenang Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Sumut 2018 di Hotel Karibia, Kamis (10/5) malam. Dari kegiatan kontes bagi anak muda ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terus mendorong kegiatan untuk anak muda mengekspresikan bakatnya. “Saya berterimakasih kepada orang tua yang telah membimbing anak-anaknya menjadi generasi yang terbaik. Dengan ajang pemilihan putri pariwisata ini, anak menjadi tidak canggung untuk ikut kontes baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional,” ujar Wagubsu Nurhajizah. Dengan kegiatan yang memicu kreativitas anak muda ini, Wagubsu mengatakan, hal tersebut merupakan sesuatu yang patut dibanggakan. Seluruh peserta grand inal sebanyak 16 orang dapat menunjukkan talenta mereka masing-masing. “Ini sudah bagus, mengingat kondisi sekarang ini banyak sekali masalah yang menimpa anak muda kita. Terutama soal narkoba yang merupakan musuh nomor satu dan sangat mengkhawatirkan,” sebutnya. Dikatakan Nurhajizah, pada zaman dahulu, banyak sekali penyanyi baik anakanak, maupun remaja yang hebat, punya talenta yang bagus, terutama soal tarik suara. Namun saat ini, sulit menemukan penyanyi berbakat yang hingga kini masih bertahan,

bahkan lagu-lagunya masih juga sering diperdengarkan di berbagai tempat. “Makanya kita terus lakukan ajang apapun itu yang berkaitan dengan anak muda. Misalnya seperti ini, atau olahraga dan lain sebagainya. Untuk itu juga, salah satunya kita buat Toba Idol untuk mencari penyanyi Batak yang berbakat,” sebutnya. Dengan kerjasama yang baik seluruh pihak mengiatkan ajang pencarian bakat serta kreativitas, persoalan di pemuda akan bisa teratasi. “Sebenarnya saya ingin ke 16 inalis semuanya juara, tetapi memang harus diumumkan siapa pemenangnya. Mudah-mudahan pariwista kita semakin berkembang. Bagi yang belum menang,

anggap ini keberhasilan yang tertunda. Masih ada kesempatan lain,” jelasnya. Kegiatan tersebut, Wagubsu mengumumkan Vivi sebagai pemenang Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Sumut 2018. Selanjutnya disusul Runner Up 1 Azifah, Runner Up 2 Tita, Harapan 1 Abigail, Harapan 2 Khaifah dan Juara Harapan 3 Elisabeth. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Dr Wan Hidayati menyampaikan dalam ajang ini, pihaknya menjadikan budaya sebagai daya tarik Sumut. Karenanya dalam seleksi, peserta adalah perwakilan seluruh kabupaten/kota. Setelahnya, 16 orang masuk dalam babak grand inal. (markus/rol)

Jurnal Asia | Ist

SERAHKAN HADIAH. Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nuhajizah Marpaung SH MH menyerahkan hadiah pemenang Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Sumut 2018 di Hotel Karibia, Kamis (10/5) malam.

NOMOR TELEPON PENTING KOTA MEDAN Nama

Telepon

Ambulance 118, ( +62 61) 453 5981 Badan SAR Nasional ( +62 61) 4565777 Departemen Pertahanan & Keamanan ( +62 61) 4557432 Informasi Gangguan PLN cabang Medan 123 Informasi Pelayanan Jasa Pos ( +62 61) 4568940 Kantor PT.PLN (Persero) ( +62 61} 6615155 Perusahaan Daerah Kebersihan ( +62 61) 8452022/ 845899 Pemadam Kebakaran Kota Medan +6261-4515356 Pengadilan Negeri Medan ( +62 61) 4515847 Pengadilan Tinggi Medan ( +62 61) 4538659 Kapoltabes Medan Sumatra ( +62 61) 4520794 Waka Kapoltabes Medan Sumatra ( +62 61) 4521607 Poltabes Medan ( +62 61) 4520971 Polsekta Medan Kota ( +62 61) 4556732 Polsekta Medan Teladan ( +62 61) 7366770 Polsekta Medan Timur ( +62 61) 4534856 Polsekta Medan Barat (+62 61) 6614776 Polsekta Medan Baru (+62 61) 4523141 Polsekta Sunggal ( +62 61) 8459110 Polsekta Belawan ( +62 61) 6941110 Polsekta Percut Sei Tuan ( +62 61) 7369110 Polsekta Labuhan Deli ( +62 61) 6851001/6851536 Polsekta Delitua ( +62 61) 7030378 Tim Pemburu Preman +628137667983 Pengaduan Gangguan Air (PDAM Tirtanadi) ( +62 61) 4512555 Palang Merah Indonesia cabang Medan ( +62 61) 4530198 Stasiun Kereta Api Medan ( +62 61) 4514114


4

sabtu 12 Mei 2018

PENTAS PILKADA

Muhaimin: Demokrat Pernah Ajak PKB Bentuk Poros Ketiga

Jurnal Asia | Dhemas Reviyanto PERTEMUAN KETUA MPR DAN CAK IMIN. Ketua MPR Zulkili Hasan (kiri) menerima kedatangan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (11/5). Pertemuan tersebut membahas kondisi kebangsaan terkini jelang Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

Jokowi: Politik Itu Banyak Jahatnya! Jakarta | Jurnal Asia Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan warga agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan, terutama di tahun politik ini. Sebab, kata Jokowi, politik itu banyak jahatnya. Jokowi mengatakan dalam waktu dekat sebanyak 171 wilayah Indonesia akan menjalani pilkada serentak, baik itu pemilihan gubernur, bupati, maupun walikota. Selain itu, tahapan Pemilihan Presiden (Pilpres) akan dimulai Agustus 2018. “Yang mau saya sampaikan, marilah kita menyadari sama-sama bahwa kita ini adalah saudara sebangsa dan setanah air. Beda pilihan silakan. Ini adalah pesta demokrasi,” kata Jokowi saat menghadiri Harlah ke93 Al Khairiyah dan silaturahmi dengan 1.000 ulama Banten di Gedung Yayasan Al Khairiyah, Citangkil, Cilegon, Banten, Jumat (11/5).

Jokowi pun mengingatkan, jangan sampai perbedaan pilihan baik di Pilkada maupun Pilpres nanti membuat perpecahan antar sesama. Dia tak mau antara warga, tetangga, dan saudara tidak saling sapa hanya karena perbedaan sikap politik. “Jangan sampai beda pilihan bupati, wali kota, atau gubernur atau pilpres kita ini retak atau tidak saling sapa antar tetangga, antar kampung, antar teman, rugi besar. Biaya sosialnya terlalu besar. Hanya urusan pilkada setiap 5 tahun,” katanya. “Saya selalu sampaikan, pilihlah pemimpin yang dianggap paling baik, dicoblos, jangan sampai dibawa ke manamana, bertahun-tahun tidak saling sapa antar teman, antar tetangga, antara kampung, rugi besar kita. Ini adalah hajatan politik,” imbuhnya. Pesan tersebut bukan sembarangan disampaikan Jokowi. Sebab, Jokowi menilai

dalam politik itu banyak hal jahatnya. “Dan kadang yang namanya politik itu banyak jahatnya. Coba saja lihat di media sosial ramainya. Lihat, buka, kita ini lupa bahwa kita saudara, mestinya yang kita perkuat ukhuwah Islamiah, ukhuwah wathoniyah, dan lebih besar lagi ukhuwah insaniyah dan bashariah kita jaga sama-sama. Jiwa sosial, jangan saling mencela, mengejek, menjelekkan, saling mencemooh, saling curiga, ujaran kebencian, ujaran kedengkian,” tegas Jokowi. Jokowi pun menambahkan, sebaiknya masyarakat selalu membangun rasa optimis dan berpikiran positif. “Yang dibanguan mestinya berpikir dengan penuh kecintaan, berikir dengan penuh kepositifan, berprasangka baik. Mestinya begitu. Kita ini negara besar,” ujar Jokowi. (dtc/rol)

Demokrat Resmi Dukung Edy dan Ijeck di Pilgubsu Medan | Jurnal Asia Partai Demokrat akhirnya mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Eramas). Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, partainya telah resmi mendukung pasangan nomor urut satu ini di Pilgub Sumatera Utara. “Saya ingin sampaikan dan resmi sekali lagi Partai Demokrat memberikan dukungan penuh ke Saudara Edy Rahmayadi dan ฀Saudara Musa Rajekshah atau Ijeck,” ujar SBY di rumah dinasnya Jalan Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (11/5). SBY berharap Edy dan Musa bisa menang di Pilgub Sumatera Utara. Dukungan ini diberikan, sebab SBY melihat selama ini Edy mengetahui permasalahan yang dihadapi di Sumatera Utara. Partai Demokrat sebelumnya mendukung JR Saragih. Namun, yang bersangkutan gagal maju lantaran tak memenuhi syarat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Sehingga dengan izin Tuhan, dengan izin Allah kalau nanti memimpin Sumatera Utara diharapkan akan bertambah maju, adil, dan bertambah sejahtera,” katanya. SBY menambahkan, dukungan Partai Demokrat untuk Eramas aka฀n dideklarasikan pada 15 Mei mendatang di Medan, Sumatera Utara. Sementara terpisah, Edy Rahmayadi menyambut gembira dukungan Partai

Demokrat tersebut. Hal ini semakin membuat dirinya yakin bisa mengalahkan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus di Pilgub Sumatera Utara. “Dukungan ini menambah energi dalam menyelesaikan perjuangan ini. Karena dukungan Demokrat ini memberikan manfaat sebagai partai nomor tiga terbesar di Sumatera Utara,” tutur Edy. Edy menjelaskan, SBY juga bakal turun gunung membantu memenangkan pasangan Eramas agar bisa mewujudkan Sumatera Utara yang lebih bermanfaat. “Iya beliau akan turun langsung ke

Sumatera Utara pertengahan Juni ini,” pungkas Edy. Pemilihan Gubernur Sumatera Utara diikuti dua pasangan calon, yakni nomor urut satu pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah yang didukung PAN, PKS, Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai NasDem, Partai Golkar, dan Partai Demokrat. Sedangkan nomor urut dua, yakni pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (swisma/ril/rol)

Jurnal Asia | Ist DUKUNGAN DEMOKRAT. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberi dukungan kepada pasangan nomor urut satu di Pilgub Sumatera Utara Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah.

Jakarta | Jurnal Asia Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengklaim ada ajakan dari Partai Demokrat terkait wacana pembentukan poros ketiga pada Pilpres 2019. Namun, kata Muhaimin, ajakan itu masih bersifat informal. “Partai Demokrat secara informal mengajak untuk membentuk koalisi, tapi secara resmi belum,” kata Muhaimin, Jumat (11/5). Muhaimin menambahkan, belum ada perwakilan dari Partai Demokrat yang menyampaikan ajakan koalisi secara langsung kepada dirinya. Namun, ia memperkirakan, ada peluang terbentuknya poros ketiga menjelang pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) di KPU. Menurut Muhaimin, pembentukan poros koalisi partai politik sangat tergantung pada dua faktor yakni, konseptual serta power sharing, yang disepakati bersama. Muhaimin menjelaskan, konseptual adalah kesamaan visi, misi, dan program, sedangkan power sharing adalah kekuatan masing-masing partai politik untuk berkoalisi. “Kalau kedua faktor tersebut tidak mencapai kesepakatan, maka poros koalisi tidak terbentuk. Bisa juga jika ada partai yang tidak sepakat, maka batal bergabung dengan poros koalisi,” katanya. Muhaimin mencermati, kemungkinan adanya partai politik yang batal bergabung dengan poros koalisi, karena tidak menyepakati dua faktor tersebut. Jika hal ini terjadi, kata dia, maka kemungkinan terbentuknya poros ketiga dapat terjadi, menjelang pendaftaran pasangan capres-cawapres di KPU. KPU membuka pendaftaran pasangan capres-cawapres pada 4-10 Agustus 2018. Muhaimin menjelaskan, sikap PKB sampai saat ini mendorong dirinya untuk menjadi cawapres dari capres Joko Widodo yang diusung oleh PDI Perjuangan. Ditanya, bagaimana jika keinginan Muhaimin tidak mendapat tanggapan dari PDI Perjuangan dan partai-partai politik lainnya pendukung Joko Widodo, Muhaimin menjawab, “Ya, nanti PKB akan menyikapinya,”. (rep/rol)

Partai Idaman Gabung ke PAN di Pemilu 2019 Jakarta | Jurnal Asia Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Idaman, partai besutan raja dangdut H Rhoma Irama, akan bergabung di Pemilu 2019. Haji Rhoma akan memimpin 34 pengurus wilayah Partai Idaman untuk mendeklarasikan penggabungan dua partai itu. “Ketua Umum Partai Idaman, H Rhoma Irama, beserta 34 pengurus wilayah seluruh Indonesia akan mendeklarasikan untuk bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam perjuangan politik di pemilu 2019,” ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Jumat (11/5). Viva mengatakan hal ini bisa terjadi karena persamaan platform perjuangan politik antara partai Idaman dan PAN. Di samping itu, Ketum PAN Zulkili Hasan dan Rhoma punya pandangan sama terkait cara memajukan umat dan bangsa. “Bang Haji Rhoma Irama dan Bang Zulkifli memiliki kesamaan pandangan politik yang sama dalam membangun kemajuan umat dan bangsa,” ucapnya. Viva mengatakan, PAN senang dan gembira mendapatkan saudara baru di tubuh Partai Idaman. Hal itu, disebut Viva, akan menambah kepercayaan, semangat, dan spirit perjuangan politik PAN di Pemilu 2019. Partai Idaman sendiri gagal berlaga di Pemilu 2019. Viva mengatakan itu bukan suatu masalah bagi PAN. “Meski gagal masuk sebagai peserta Pemilu 2019, Partai Idaman memiliki organisasi kemasyarakatan (ormas) yang berakar rumput. Di antaranya Akurat (Aliansi Kejujuran untuk Rakyat), Fahmi Tamami (Forum Silaturahmi Takmir Masjid dan Musholah Indonesia), dan Forsa (Fans of Rhoma dan Soneta). Dengan kekuatan partai Idaman seperti ini tentu secara politik akan menambah kekuatan PAN,” ucapnya. Viva mengatakan, kader dan pengurus Partai Idaman akan segera menjadi bagian dari PAN. Mereka dipersilakan maju sebagai caleg PAN. “Kader dan pengurus partai Idaman akan mendaftarkan diri sebagai calon legislatif PAN, untuk tingkat DPR RI dan DPRD provinsi, kabupaten/ kota. Setelah deklarasi penggabungan besok, pendaftaran kader dan pengurus Partai Idaman akan segera dimulai,” pungkas Viva. (dtc/rol)


Sabtu 12 Mei 2018

5

EDUKASI

Sanksi Sekolah bagi Siswa Tidak Datar Ulang SNMPTN

Antara | Feny Selly REGISTRASI ULANG LULUS SNMPTN. Sejumlah calon mahasiswa didampingi walinya melakukan proses registrasi penerimaan mahasiswa baru yang lulus jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Aula serbaguna Universitas Sriwijaya Bukit Besar Palembang. Pada jalur ini merupakan seleksi nilai akademik sekolah terbaik.

Arjon Turnip dari LIPI di Unika St Thomas

Dorong Mahasiswa dan Dosen Inovasi Karya Tulis Medan | Jurnal Asia Dewasa ini tugas dosen tidak hanya mengajar, tapi juga melakukan penelitian dan pengabdian di masyarakat yang tertuang dalam tri dharma perguruan tinggi. Namun kenyataannya sampai saat ini dosen atau mahasiswa masih enggan melakukan penelitian/ riset. “Secara khusus di Sumut budaya meneliti di kalangan perguruan tinggi masih minim beda dengan dosen maupun mahasiswa yang berada di pulau Jawa,” ungkap peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Arjon Turnip PhD, kemarin di kampus Universitas Katolik (Unika) St Thomas Jalan Setia Budi, Tanjungsari Medan. Peneliti dari LIPI itu tampil sebagai pembicara pada workshop“ writing international paper for undergraduate students with scopus indexing” yang diikuti 67 mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkungan Unika St Thomas. Menurut Arjon Turnip yang juga General Secretary Chair of IEEE,CSS/RAS, workshop ini merupakan tahap kedua diikuti para mahasiswa. Karena itu diharapkan mereka dapat memanfaatkannya untuk menambah

ilmu pengetahuan dan wawasan, apalagi dalam persiapan menghadapi konfrensi internasional yang akan digelar Unika St Thomas ini. “Melalui kegiatan ini mahasiswa didorong untuk melakukan inovasi karya tulis dan mengembangkan atau develop bukan menganalisis,” kata Arjon Turnip didampingi dosen Fakultas Pertanian Unika St Thomas Rosa Tampubolon MSi PhD. Disebutkannya, pada workshop ini ditargetkan khususnya kepada mahasiswa fakultas pertanian membuat 15 paper yang setiap papernya dilakukan 2 mahasiswa. Sedangkan bagi mahasiswa fakultas ekonomi ditargetkan akan diperoleh 10 paper. “Pencapaian pembuatan paper itu kita lakukan juga sebagai bentuk persiapan menghadapi konfrensi internasional. Jadi mahasiswa pertanian itu kita godok karena mereka nantinya diharapkan sebagai ‘pemain’ pada ajang internasional yang dijadwalkan Oktober mendatang,” ungkapnya, Selain itu manfaat dari workshop ini kata Arjon Turnip nantinya juga akan dapat memberikan rasa percaya diri yang lebih jika mereka lulus. Arjon Turnip juga menyoroti dosen yang juga masih minim melakukan riset atau temuan

dengan inovasi baru tapi lebih fokus mengajar. Menurutnya kendala itu antara lain disebabkan tuntutan untuk riset di daerah ini belum terlalu tinggi. Pasalnya untuk melakukan riset membutuhkan biaya dan pemikiran. Sedangkan jika mengajar akan memperoleh value atau nilai tambah. “Padahal lewat penelitian bakal hadir temuan atau inovasi dalam pengembangan keilmuan dan teknologi yang tentunya berguna bagi kemajuan sebuah bangsa,” kata Arjon Turnip . Sementara itu Rosa Tampubolon MSi PhD menyebutkan, workshop yang diikuti 67 mahasiswa itu terdiri dari 37 dari fakultas pertanian, 8 ekonomi, 5 teknik, 5 hukum, 2 sastra, 5 FKIP dan 5 Fikom. Sedangkan Kepala LPPM Dr Ir Surya Abadi Sembiring MSi menyebutkan, kegiatan ini juga merupakan program lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Unika St Thomas. Menurutnya workshop yang digelar bagi mahasiswa maupun dosen ini terus didorong sebagai upaya peningkatan kuantitas maupun kualitas hasil penelitian kalangan pergurua tinggi. Karena itu diharapkan agar hasil karya tulisnya dipublikasikan lewat jurnal internasional. (swisma)

200 PT Komitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan Jakarta | Jurnal Asia Sebanyak 200 Perguruan Tinggi (PT)yang berasal dari Jakarta, Banten, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Lampung, Medan, Palu dan Ternate mendeklarasikan komitmennya untuk terus meningkatan mutu perguruan tinggi. Deklarasi dibacakan Rektor Untirta Sholeh Hidayat bersama pimpinan perguruan tinggi lainnya di Hotel Century Park, Jakarta, kemarin. “Kami Pimpinan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Wilayah Jakarta dan sekitarnya, mendeklarasikan komitmen untuk mengembangkan budaya mutu, melalui fasilitas dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Perguruan Tinggi masing-masing,” kata Sholeh. Deklarasi tersebut sangat diapresiasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Direktur Penjaminan Mutu Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof Aris Junaidi menegaskan, deklarasi tersebut sejalan dengan visi Kemenristekdikti yaitu terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa. Terlebih, kata dia, mutu pendidikan tinggi kita masih sungguh memprihatikan. Berdasarkan data Badan Akreditas Nasional- Perguruan Tinggi

(BAN-PT), pada tanggal 8 Mei 2018 sebanyak 61 persen institusi pendidikan tinggi kita masih terakreditasi peringkat C. Kemudian, Aris melanjutkan, sebanyak 35 persen terakreditasi peringkat B, dan hanya 4 persen yang terakreditasi peringkat A. Adapun untuk program studi, sebanyak 30 persen prodi masih terakreditasi peringkat C, 55 persen terakreditasi peringkat B, dan 15 persen prodi terakreditasi A. “Diharapkan setelah deklarasi ini, pimpinan perguruan tinggi mendapatkan kebaruan informasi, pengetahuan, inspirasi, dan wawasan. Sehingga lebih termotivasi untuk menjadikan perguruan tingginya berorientasi kepada mutu,” ungkap Aris. Peningkatan mutu juga dinilai penting untuk menopang era industri 4.0 yang penuh tantangan. Perguruan tinggi, ungkap dia, perlu mempersiapkan diri menghadapi situasi dan kondisi ini dengan mempertahankan mutu dan kualitasnya sehingga akan lebih siap serta menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan zaman. “Hal ini mutlak dilakukan karena saat ini masyarakatlah yang akan memutuskan dalam memilih perguruan tinggi yang mampu menjamin kompetensi lulusannya. Oleh karena itu pelaksanaan budaya mutu di perguruan tinggi sangat dibutuhkan dan tidak dapat ditawar lagi,” jelas dia. (rep|swm)

Surabaya | Jurnal Asia Pendaftaran ulang seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) bersamaan dengan pelaksanaan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Calon mahasiswa baru (camaba) memadati PTN untuk melakukan registrasi ulang sekaligus membayar uang kuliah tunggal (UKT). Salah satunya terlihat di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UINSA Syamsul Huda menjelaskan, jadwal daftar ulang SNMPTN memang sengaja bersamaan dengan ujian SBMPTN. Dengan begitu, yang sudah lolos SNMPTN diharapkan menggunakan peluang sebaik-baiknya. Jika tidak mendaftar ulang, peserta SNMPTN secara otomatis dianggap gugur. Kalau sudah membayar UKT, berarti sudah dinyatakan daftar ulang. Kuota jalur SNMPTN di UINSA tahun ini sebanyak 572 orang. Huda berharap semua peserta yang lolos segera mendaftar ulang. Meski begitu, Huda tidak memungkiri masih banyaknya peserta yang menyia-nyiakan kesempatan. Artinya, mereka tidak mendaftar ulang. “Rata-rata hanya 70 persen yang melakukan daftar ulang. Itu hampir terjadi di seluruh PTN,” jelas Huda. Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu. Antara lain, prodi yang dipilih siswa tidak sesuai dengan keinginan. Tentu saja, kondisi itu merugikan kampus. Ada sanksi yang diberlakukan PTN kepada peserta yang menyia-nyiakan peluang SNM PTN. Yakni, peringatan ringan berupa pengurangan kuota SNMPTN di sekolah yang bersangkutan untuk tahun selanjutnya. “Selain itu, ada hukuman berat berupa memblacklist sekolah. Setiap PTN memiliki aturan sendiri. Kalau di UINSA, kami melakukan dua hal itu,” kata Huda. Hukuman itu dirasa seimbang dengan kerugian yang diterima PTN. Dengan adanya peserta yang tidak mendaftar ulang, terjadi kekosongan jatah SNM PTN. Pihak kampus pun harus mengatur ulang kuota penerimaan lagi. (jpnn|swm)


6

sabtu 12 mei 2018

PERISTIWA Terjerat Utang Judi Bola

Kepala Sopir Grab Ditikam Dua Kali

Jurnal Asia | ist DILUMPUHKAN. Tiga komplotan curanmor yang diringku polisi. salahsatunya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melawan petugas dan melarikan diri.

Komplotan Curanmor Diringkus Polisi Satu Dari Tiga Pelaku Didor Medan | Jurnal Asia Kepolisian Sektor (Polsek) Percut Sei Tuan, berhasil mengungkap dan meringkus tiga komplotan pencurian kenderaan bermotor (Curanmor), Selasa (8/5) malam. Petugas Reskrim bahkan menghadiahi timah panas ke betis kiri salah satu pelaku. Hal itu dilakukan, karena pelaku melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri saat akan diringkus. Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Faidil Zikri SH, S.I.K, melalui Kanit Reskrim Iptu MK Daulay SH, mengatakan, ketiga komplotan yang diringkus yakni, Anaolo Jamili alias Botak (35) dan Setuju Sihura alias Pak Dea (26). Keduanya merupakan warga Jl. Meteorologi, Desa Laut Dendang, Percut Sei Tuan. “Pelaku satunya lagi perempuan bernama Andriani (38) warga Jalan Kandang Lembu, tepatnya belakang gereja, Desa Laut Dendang, Percut Sei Tuan. Pelaku ini berperan mengantar uang kepada pelaku, sewaktu pelaku menjual sepeda motor curian kepada bapak perempuan itu. Jadi perempuan ini termasuk penadah,” kata Iptu Daulay, kepada wartawan, Kamis (10/5) siang. Dijelaskan Daulay, ketiga komplotan ini diringkus berdasarkan laporan dari korbannya Misran (69) warga Jl. Mabar Hilir, Gg.Mangga,

Labuhan Deli, yang tertuang dalam Laporan Polisi : LP/518/III/2018/SPKT percut, tanggal 19 Maret 2018. Korban melaporkan sepeda motor Honda Supra FIT warna hitam BK 2953 KB, miliknya hilang digasak para pelaku. Saat itu, korban yang bekerja sebagai penjaga malam di Perumahan Griya Rahmat, Jl Meteorologi, Desa Laut Dendang, Percut Sei Tuan, berniat tidur. Lalu korban, memarkirkan sepeda motornya di dalam sebuah gudang yang ada di lokasi dengan keadaan stang terkunci dan diberi gembok. “Namun saat korban terbangun, ia sudah tak melihat lagi sepeda motornya. Merasa telah menjadi korban pencurian, korban kemudian mendatangi Polsek Percut Sei Tuan, guna membuat laporan pengaduan,” ujar Daulay. Berdasarkan laporan korban, sambung Daulay, petugas unit Reskrim melakukan penyelidikan ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna melakukan cek TKP dan memeriksa saksi-saksi. Tepatnya pada hari Selasa (8/5), petugas mendapat informasi identitas dan keberadaan para pelaku. Pelaku yang pertama kali diringkus adalah Anaolo Jamili alias Botak. Dari pengakuan pelaku Anaolo Jamili alias Botak ini, kemudian petugas berhasil meringkus pelaku Setuju Sihura alias Pak Dea dari lokasi yang sama. Dan dari pengakuan

keduanya, petugas berhasil meringkus satu pelaku lainnya yakni Andriani dari Jl Kandang Lembu, Desa Laut Dendang, Percut Sei Tuan. Saat diinterogasi di TKP, Pelaku Setuju Sihura alias Pak Dea mengaku bahwa sepeda motor korban sudah dijual kepada Kevin Syahputra dengan harga Rp2 juta. Selanjutnya petugas bergerak cepat menuju lokasi barang bukti sepeda motor korban. Dan akhirnya sepeda motor korban yang sudah dijadikan becak motor itu berhasil disita petugas. “Namun karena melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri saat diringkus. Petugas terpaksa memberikan tindakan tegas dan terukur ke arah betis kiri pelaku Anaolo Jamili alias Botak. Selanjutnya pelaku dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan, guna mendapatkan perawatan medis. Sementara kedua pelaku lainnya beserta barang bukti diboyong langsung ke Markas Komando (Mako),” terang Daulay. “Selain sepeda motor korban yang sudah dijadikan betor, barang bukti lain yang berhasil disita dari pelaku adalah satu buah gergaji besi dan satu Martil. Atas perbuatannya para pelaku disangkakan Pasal 363 KUHP, dengan ancaman 7 tahun kurungan penjara,”Pungkas Daulay. (hendra/hut)

Pelaku Penipuan SMS Hadiah Rp100 Juta Dibekuk Jakarta | Jurnal Asia Masyarakat harus berhati-hati jika ada pesan singkat SMS Dari mengatasnamakan M Kios berhadiah Rp 100 juta. Kasus seperti ini sempat terjadi di Jakarta Selatan, dialami wanita 33 tahun, ia tertipu Rp 20 juta dari ulah dua pelaku penipuan. Kedua pelaku Ruli (38) dan A Mannang (26), dibekuk polisi di rumah kontrakannya daerah Sulawesi Selatan. Keduanya disergap tanpa perlawanan oleh pimpinan Kanit 1 Krimum Polres Jaksel AKP Reza Mahendra. Wakapolres Jakarta Selatan AKBP Budi Sartono menegaskan, kejadian penipuan ini berawal adanya pelaporan Sulastri (33) ke Mapolres Jaksel dengan kerugian Rp 20 juta

saat menerima SMS dari M-Kios. “Modusnya korban, mendapatkan hadiah di pesan singkat senilai Rp 100 juta, dan oleh pelaku meminta website kejutan isi pulsa 2018, lalu dapat nomor kontak. Korban menelpon tersangka, diminta transfer beli pulsa untuk aktifkan PIN. Namun, korban diminta uang untuk mengurus hadiah senilai Rp 9,9 juta dan Rp 11,4 juta dua kali transaksi via transfer,” kata AKBP Budi. Setelah ditransfer korban, uang tidak dikirim juga oleh tersangka, sehingga ia melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Jaksel. Dari pengakuan tersangka, keduanya baru beroperasi penipuan tersebut baru tiga minggu.

“Mereka meraup untung Rp 3 juta. Kami masih menyelidiki apakah ada korban lainnya. Untuk di Jaksel satu. Tapi dilihat catatan para sasaran korban diarahkan Nomor Provider dari Telkomsel,” ujarnya. “Kami menghimbau kepada masyarakat agar jangan mudah percaya terhadap hadiah apapun. kroscek terlebih dulu bersangkutan alamatnya dan lokasinya dan,” tutur wakapolres. Barang bukti yang diamankan polisi berupa 6 HP, 4 Laptop, 4 Port Usb, 80 Usb, 100 simcard Telkomsel, 4 laptop, buku catatan, satu rekening BRI. Akibat perbuatannya tersangka dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman 4 tahun penjara. (pkc/hut)

Medan | Jurnal Asia Joy Oktoren Hutapea alias Joy (24), karyawan satu minimarket di Tasbih 2, Jalan Setiabudi, Gang Duku Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, terciduk saat hendak membegal seorang Sopir Grab, di Jalan A.H Nasution, Dekat Ayam Penyet Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Kamis Malam (10/5) sekitar pukul 20.40 WIB. Aksi karyawan yang berprofesi sebagai kasir di sebuah minimarket ini, melakukan tindak kekerasan kepada sopir Grab Car yang ia tumpangi. Modus dari pelaku melakukan aksinya tersebut, dengan pura-pura memesan dari aplikasi Grab Car. “Aku mesan dulu bang, siap itu aku tikamlah dari belakang. Karena melawan, aku tikam kepalanya dua kali,” ucap Joy saat paparan di Polsek Delitua. Aksi nekatnya tersebut memang sangat memprihatikan. Dari keterangannya sendiri, Joy melakukan aksi perampokan itu, karena pelaku kalah dalam permainan judi bola. “Kalah main judi bola bang. Sudah numpuk utangku bang, sekitar Rp2 juta,” ungkapnya. Joy sendiri mengakui bahwa perbuatannya tersebut sangat keterlaluan. Hanya karena kalah judi bola dan terlilit utang, karyawan minimarket ini pun harus mendekam di sel tahanan Polsek Delitua. “Aku nyesal bang. Baru sekali aku melakukan gini, itu pun karena kalah judi bola, dan udah numpuk hutangku,” ucapnya dengan suara yang pelan. Joy, karyawan yang telah satu setengah tahun bekerja di sebuah minimarket Tasbih, Jalan Setiabudi ini pun, harus menikmati masa mudanya di sel tahanan. (tmc/hut)

Agar Berani Bacok Orang

Pelajar SMP Tenggak Pil Gila Bogor| Jurnal Asia Pelajar di Kabupaten Bogor, kian brutal. Bahkan demi menambah nyali, mereka mengonsumsi pil eximer (obat gangguan jiwa, red). Dengan menkonsumsi obat itu pelajar SMP di Ciampea, Kabupaten Bogor, MY (15), membacok W (15), pelajar lain asal Kota Bogor. Peristiwa mengerikan itu terjadi di depan kantor cabang BRI di Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, sekitar pukul 13.00 WIB. MY mengaku, kelompoknya selalu menganggap pelajar SMP lain sebagai musuh yang harus dilawan. Korban saat itu sedang bersama empat rekannya, baru saja turun dari bak truk yang ditumpanginya. Ternyata korban bersama rekannya sudah diikuti pelaku yang menggunakan sepeda motor. Merasa menjadi incaran, korban bersama rekannya lari menyelamatkan diri. Menurut Kapolsek Dramaga, AKP Achmad Budi Santoso, dari keterangan saksi didapat keterangan korban yang ketakutan, lari menyelamatkan diri justru menabrak angkot yang sedang berhenti sehingga terjatuh. “Saat korban terjatuh, pelaku MY membacok bagian punggung korban menggunakan celurit. Beruntung korban dapat diselamatkan oleh ketua RT setempat, dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Medika Dramaga untuk mendapat perawatan,” kata AKP Budi. Kapolsek AKP Budi mengatakan, jajarannya bertindak cepat dan membekuk pelaku di rumah masing-masing, selang lima jam dari kejadian. ”Pelaku utama MY, tiga orang lainnya masih dikejar,” katanya. Pelaku mengaku, jadi nekat setelah menenggak obat gila. “Obat tersebut didapat di Pasar Baru Ciampea. Kami sedang mencari lokasi dan penjualnya,” paparnya. (pkc/hut)


sabtu 12 mei 2018

7

NASIONAL

Ulama Minta Jokowi Perhatikan Pesantren Aceh

Antara | Andreas Fitri Atmoko damPak meraPi. Sejumlah penumpang tiba di bandara Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (11/5). Bandara Adisutjipto dibuka kembali pada pukul 14.17 WIB setelah ditutup selama beberapa jam akibat Gunung Merapi meletus freatik pada pukul 07.40 WIB.

Gunung Merapi Mendadak Erupsi 37 Penerbangan Masuk dan Keluar Yogya Terganggu Yogyakarta | Jurnal Asia Gunung Merapi mengalami erupsi freatik pada Jumat, 11 Mei 2018. Badan Penanggulangan Bencana Nasional mencatat letusan ini disertai suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat dan tinggi kolom 5.500 meter dari puncak kawah. Letusan melontarkan abu vulkanik, pasir dan material piroklatik. BNPB menjelaskan, letusan freatik yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi. Jenis letusan ini tidak berbahaya dan dapat terjadi kapan saja pada gunung berapi aktif. Biasanya letusan hanya berlangsung sesaat. Gunung Merapi sebelumnya pernah terjadi letusan freatik. Relawan kebencanaan Ma’rufin Sudibyo menjelaskan, erupsi freatik merupakan letusan gunung berapi yang ditenagai dan didominasi uap air. Menurutnya, erupsi ini melepaskan uap air bertekanan tinggi dalam jumlah besar secara mendadak, setelah uap air tersebut berhasil menembus sumbatan yang menghalanginya. Erupsi ini punya tekanan tinggi, karenanya uap air yang dihasilkan sanggup menggerus dan melepaskan butir-butir kerikil, pasir dan debu di sepanjang dinding saluran magma (diatrema) yang dilintasinya. “Sehingga uap air yang tersembur pun

bercampur dengan material vulkanik dalam bentuk kerikil, pasir dan debu,” jelas Ma’ruin. Selain erupsi freatik, pada gunung berapi yang sedang meningkat aktivitasnya, ada dua erupsi lainnya yaitu erupsi freatomagnetik dan erupsi magmatik. Ma’ruin menjelaskan, jenis erupsi gunung berapi bisa dibedakan dari sumber tenaganya, apakah uap air atau magma segar. Pada erupsi freatik, sumbernya uap air dan berasal dari air bawah tanah yang mengalami pemanasan intensif oleh sumber panas tertentu. Sedangkan erupsi freatomagnetik mirip dengan erupsi freatik, namun sebagian tenaganya berasal dari magma segar yang sedang bergerak naik. “Eerupsi magmatik sama sekali berbeda dari keduanya karena ditenagai sepenuhnya oleh magma segar yang sudah keluar di permukaan Bumi dan menghasilkan lava maupun awan panas,” jelasnya. Penerbangan Ditunda Sebanyak 28 jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta terdampak erupsi freatik Gunung Merapi. Tak hanya itu, tercatat juga ada 9 penerbangan yang sempat terganggu siang tadi. “Adisutjipto Yogyakarta melakukan runway closed pada pukul 10.25 sampai dengan 11.10 WIB dan dilanjutkan pada pukul 11.10 sampai dengan 11.40 WIB berdasarkan NOTAM B3565/18.

Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dibuka kembali pada pukul 14.17 WIB,” kata GM Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (11/5). Dijelaskannya, penutupan landasan siang ini dilakukan karena adanya dampak hujan abu vulkanik akibat erupsi freatik Gunung Merapi yang terjadi pada pukul 07.40 WIB. “Clear area perlu dilakukan mengingat keselamatan penerbangan menjadi prioritas utama. Hal ini kami lakukan dengan mempertimbangkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan mengingat adanya hujan abu vulkanik akibat erupsi freatik Gunung Merapi yang mengarah ke selatan-barat daya hingga di lingkungan sekitar bandara. Perlu dipastikan clear area terlebih dahulu, baru kemudian operasional penerbangan dapat kembali dijalankan,” jelas Pandu. “Saat ini operasional penerbangan sudah berjalan normal kembali sesuai dengan NOTAM B3568/18 yaitu pada pukul 14.17 WIB. Untuk penerbangan holding on groud telah berangkat seluruhnya. Kami akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi terkait aktivitas penerbangan pasca penutupan tersebut, khususnya terkait pelayanan terhadap penumpang di Bandara,” imbuh Pandu. (vv/dtc/put)

Aceh | Jurnal Asia Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh menggelar pertemuan dengan 30 ulama sepuh Aceh di Hotel Kryad Muraya, Banda Aceh, Jumat (11/5). Dalam pertemuan yang berlangsung secara terbuka itu, para ulama sepuh Aceh berharap Surya Paloh dapat menyampaikan permintaan ulama kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Hari ini kami bangga diberikan kesempatan berbincang-bincang tentang apa yang bisa kami sampaikan ke Presiden Jokowi. Kami meminta presiden untuk membentuk kementerian pondok pesantren,” kata salah satu ulama Aceh, Walid Nurul Zahri. Selama ini, kaa dia, keberadaan pondok pesantren memang berada di bawah Kementerian Agama melalui dinas terkait. Namun, para ulama sepuh Aceh melihat, kementerian pondok pesantren penting keberadaannya untuk lebih dapat mengakomodasi keberadaan pesantren di seluruh Indonesia. “Apa salahnya ada kementerian khusus menangani pesantren. Kami tidak merengek lagi ke kementerian agama. Coba bisikan ke Jokowi. Jawa Timur sudah minta, kemudian Aceh, menyusul Sulawesi,” ucapnya. Selain itu, para ulama sepuh juga berharap ada peningkatan kerja sama ulama dan dukungan siar Islam di Aceh, termasuk juga mengusulkan untuk memberdayakan pesantren dengan menghibahkan lahan untuk pertanian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan irigasi. Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh pun berjanji akan menyampaikan usulan yang disampaikan para ulama sepuh Aceh kepada Jokowi. “Usulan ini sudah kami dengar. Kalau memang perlu kementerian, kenapa tidak dibuat. Ini amanah buat saya, perintah orangtua saya,” kata Surya Paloh. Dalam kesempatan tersebut, Surya mengingatkan, maju dan mundurnya Aceh juga ditentukan oleh kontribusi para ulama. Karena itu, berbagai masukan dari para ulama Aceh tentunya juga berkontribusi tidak hanya bagi Aceh, namun juga daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Pertemuan antara Surya Paloh dengan ulama sepuh Aceh merupakan bagian dari rangkaian kegiatan safari konsolidasi kader Tahap IV Partai Nasdem di Sumatera. Safari konsolidasi Partai Nasdem dilakukan sekaligus untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019. Partai Nasdem mengawali safari konsolidasi kader Tahap IV di Provinsi Bengkulu sejak Sabtu (5/5). Kemudian disusul wilayah lainnya seperti Palembang dan Jambi. Selain di Bengkulu, Palembang dan Jambi, Partai Nasdem juga akan melakukan safari konsolidasi di sejumlah kota lain di Sumatera, seperti Medan, Deli Serdang, Banda Aceh, dan Pidie Jaya.(bs/put)

Isu Terorisme Tak Bikin Investor Khawatir Jakarta | Jurnal Asia Isu terorisme yang kembali menyeruak di dalam negeri dinilai tidak menjadi kekhawatiran bagi investor asing yang ingin menanamkan modal ke Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan hal ini lantaran ancaman terorisme tidak hanya terjadi di Tanah Air, namun di negara lain, sehingga negara-negara di dunia sepakat untuk mengantisipasi ancaman ini secara bersama-sama. Kendati demikian, pemerintah tetap terus berupaya agar ancaman terorisme tersebut bisa diatasi, sehingga dapat menjaga keamanan negara. Hal itu tercermin dari penanganan keamanan di Rutan Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob) Depok, Jawa Barat, setelah terjadi penyanderaan yang dilakukan narapidana teroris. “Untuk masalah terorisme kejadian yang

kemarin, secara keseluruhan kami tidak mendengar ini jadi concern, karena masalah terorisme secara global sudah di-recognize,” ujar Sri Mulyani di Direktorat Jenderal Pajak Pusat, Jumat (11/5). Dengan cara tersebut, Sri Mulyani berharap agar isu terorisme ke depannya tidak akan lagi menjadi faktor kekhawatiran bagi investor asing maupun pelaku usaha di dalam negeri. “Kami berharap langkah yang dilakukan penegak hukum Indonesia akan bisa mengembalikan kepercayaan dan persepsi mengenai Indonesia,” katanya. Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan investor dan pelaku pasar lebih khawatir pada ketidakpastian global dibandingkan isu-isu terorisme, khususnya gejolak ekonomi dan sistem keuangan yang ditimbulkan dari Amerika Serikat (AS). “Mereka (investor) menyampaikan bahwa

gejolak yang terjadi murni berasal dari luar Indonesia, namun untuk kebijakan dan kondisi di Indonesia sendiri, tidak ada yang dijadikan sebagai pemicu (gejolak), sehingga mereka masih optimis terhadap kebijakan dan kinerja ekonomi Indonesia,” pungkasnya. Beberapa hari yang lalu, sempat terjadi kerusuhan dan penyanderaan di Rutan Mako Brimob yang dipicu oleh masalah makanan tahanan. Hal tersebut membuat narapidana melakukan penyerangan kepada pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Walhasil, sebanyak lima orang anggota Polri menjadi korban dan dinyatakan tewas. Hingga 36 jam kemudian, baru kerusuhan dan penyanderaan itu berakhir. Sebanyak 145 narapidana kemudian dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Jawa Tengah. Sementara 10 narapidana lainnya masih ditahan oleh pihak Polri. (cnn/put)

Antara | Asep Fathulrahman Presiden Joko Widodo berpidato pada acara Silaturahmi dengan Ulama, Jumat (11/5). Acara digelar untuk memperkuat hubungan ulama dan umaro dalam menghadapi serta menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.


8

sabtu 12 mei 2018

INTERNASIONAL

Lagi, Polisi Hong Kong Jinakkan Bom Perang Dunia II 1200 Orang Dievakuasi

Anwar Ibrahim Segera Bebas Kuala Lumpur | Jurnal Asia Putri Anwar Ibrahim, Nurul Izzah, mengatakan ayahnya yang tengah dipenjara, akan segera dibebaskan dalam beberapa hari ini. Politikus itu menyampaikan hal tersebut untuk menanggapi pemberitaan media lokal, Sinar Harian, yang menyebut Anwar akan dibebaskan hari ini. “Telah mengklarifikasi pada Sinar Harian yang telah keliru mendengar saya -- segera dibebaskan. Dalam beberapa hari, namun betapa kami mengharapkan itu hari ini,” ujar Nurul pada media Malaysia, Malaysiakini, Jumat (11/5). Anwar yang divonis lima tahun penjara atas kasus sodomi, telah menjalani masa hukuman sejak tahun 2015. Setelah bebas nanti, Anwar dilarang untuk mencalonkan diri dalam pemilu selama lima tahun ke depan. Untuk bisa kembali ke panggung politik, Anwar yang selama ini menjadi tokoh oposisi ternama Malaysia, membutuhkan pengampunan kerajaan atau royal pardon dari Perdana Menteri Mahathir Mohamad (92) yang baru dilantik pada Kamis (10/5) kemarin, menyatakan bahwa Yang di-Pertuan Agong telah mengindikasikan kesediaannya untuk memberikan pengampunan penuh bagi Anwar. “Itu akan menjadi pengampunan penuh,

yang artinya bukan hanya diampuni, namun dia dibebaskan segera dan setelah itu dia akan bebas untuk berpartisipasi penuh di politik,” ujar Mahathir kepada para wartawan saat konferensi pers hari ini seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (11/5). Sebelumnya, Mahathir pernah berjanji untuk menyerahkan posisi PM kepada Anwar Ibrahim yang kini dipenjara. Janji itu disampaikan Mahathir saat diwawancarai surat kabar Jepang, The Mainichi, pada Februari lalu. Dalam wawancara itu, Mahathir mengakui dirinya sangat menyadari usianya yang sudah mendekati 100 tahun. “Saya tidak bisa bertahan sangat lama. Paling tidak, saya bisa bertahan selama dua tahun,” ucap Mahathir dalam wawancara dengan The Mainichi, seperti dikutip pada Selasa (8/5). Diungkapkan Mahathir bahwa jika oposisi memenangi pemilu, dirinya ingin menyerahkan jabatan PM Malaysia kepada Anwar setelah Anwar bebas dari penjara. Nurul juga menyatakan ayahnya siap menjadi perdana menteri Malaysia setelah dibebaskan dari penjara. Menurutnya Anwar sudah siap menjadi perdana menteri sejak 1998. “Saya pikir dia sudah siap sejak 1998,” kata Izzah di. Ia tak banyak berkomentar soal kapan ayahnya akan menjadi perdana menteri. Izzah

hanya mengatakan saat ini proses pembebasan ayahnya dari tahanan sedang diusahakan. “Belum, belum sekarang. Jadi saya tak bisa katakan apapun. Itu akan butuh waktu, jadi saya tak bisa beri tahu anda saat ini,” kata Izzah. Saat ini, Anwar--yang dikenal sebagai tokoh oposisi Malaysia--sedang menjalani masa tahanan selama lima tahun. Ia dipenjara sejak 2015 dan dilarang mencalonkan diri dalam pemilu selama lima tahun setelah bebas. Namun, Anwar disebut bakal segera dibebaskan dan berpotensi menjadi perdana menteri. Hal tersebut tak lepas dari dilantiknya Mahathir Mohamad--yang didukungnya dalam pemilu Malaysia--sebagai perdana menteri. Mahathir menyatakan tak akan menjabat dalam waktu yang lama. Hal itu terkait dengan usianya yang sudah 92 tahun. Istri Anwar, Wan Azizah Wan Ismail juga yang disebut akan menjadi wakil perdana menteri Mahathir bakal mengundurkan diri. Hal itu untuk memberi jalan pada suaminya sebagai perdana menteri Malaysia setelah bebas nanti. Proses pengampunan penuh dari Yang diPertuan Agong, Sultan Muhammad V sedang diproses. Mahathir menyatakan Yang di-Pertuan Agong telah mengindikasikan menyetujui pengampunan penuh bagi Anwar. (dc-adp)

Ebola Kembali Mewabah di Kongo Kongo | Jurnal Asia Wabah ebola kembali merebak di Republik Demokratik Kongo. Kementerian Kesehatan Kongo memastikan satu korban pertama, dan 11 orang terjangkit, termasuk tiga staf medis, Kamis (10/5). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Sedikitnya 17 orang tewas sejak penduduk di sebuah desa wilayah barat laut negeri itu menunjukkan tandatanda mirip ebola, Desember lalu. Wabah tersebut adalah yang kesembilan kalinya tercatat di Republik Demokratik Kongo sejak pertama kali muncul, dekat Sungai Ebola, sebelah utara negara di Afrika Tengah itu di era 1970-an. “Negara kita menghadapi epidemi ebola lagi, yang merupakan kondisi darurat kesehatan internasional,” kata Kementerian Kesehatan Kongo dalam sebuah pernyataan. Menteri Kesehatan Kongo Oly Ilunga memastikan tiga petugas medis turut terjangkit virus. “Tiga petugas kesehatan terjangkit. Situasi ini membuat kami khawatir dan memerlukan

respons segera,” kata Ilunga. Sebagian besar kasus terjadi di sekitar Desa Ikoko Impenge, dekat Kota Bikoro di wilayah barat laut Kongo. “Setelah kontak (dengan pasien), para perawat mulai menunjukkan tanda-tanda. Kami telah mengisolasi mereka,” kata Serge Ngaleto, Direktur Rumah Sakit Bikoro, seperti dilaporkan Reuters. Pengalaman panjang Kongo menangani ebola, dan kondisi geografis yang terpencil membuat wabah kerap kali terlokalisir dan relatif mudah diisolasi. Namun kali ini, Ikoko Impenge dan Bikoro terletak tidak jauh dari tepi Sungai Kongo, jalur arteri utama perdagangan dan transportasi hulu dari Ibu Kota Kinshasa. Negeri tetangganya, Republik Kongo terletak di sisi lain sungai. Juru bicara Direktur Epidemiologi di Republik Kongo menyatkaan para pakar pemerintah akan bertemu untuk membahas langkahlangkah pencegahan menularnya ebola melintasi perbatasan, Kamis (11/5).

Imigrasi Nigeria menyatakan akan memperketat tes di bandara serta titik-titik masuk lainnya sebagai langkah penegahan. Tindakan serupa membantu Nigeria membendung virus ebola selama epidemi Afrika Barat pada 2013. Pejabat di Guinea dan Gambia juga telah meningkatkan tindakan pemeriksaan di sepanjang perbatasan untuk mencegah penyebaran virus ebola. Kementerian Kesehatan Republik Demokratik Kongo telah mengirim 12 pakar ke wilayah barat lalu untuk melacak kontak-kontak baru, mengidentiiksi episentrum dan semua desa yang terkena dampak, serta menyediakan sumber daya. Ebola adalah penyakit yang paling ditakuti, selain fatal, penularan yang cepat dan menyebabkan pendarahan internal maupun eksternal yang menyebabkan penderitanya mengalami kerusakan pembuluh dara yang parah. Saat mewabah di Afrika Barat pada 2014 tercatat lebih dari 6.800 orang tewas dan 19 ribu tertular virus ebola. (cnn-adp)

Hong Kong | Jurnal Asia Ratusan orang dievakuasi setelah sebuah bom era Perang Dunia II ditemukan di lokasi pembangunan di Hong Kong. Ini merupakan temuan serupa yang ketiga kalinya di wilayah tersebut sepanjang tahun ini. Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (11/5), polisi menutup jalan-jalan dan mengevakuasi sekitar 1.200 orang dari toko-toko, restoran dan kantorkantor di distrik bisnis yang ramai, Wanchai. Ini dilakukan seiring para ahli penjinak bom memulai proses penjinakan bom berbobot 450 kilogram buatan Amerika Serikat tersebut. Bom yang tergeletak selama lebih dari 70 tahun itu ditemukan pada Kamis (10/5) kemarin. Bom tersebut merupakan bom dengan model yang sama dengan dua bom Perang Dunia II yang sebelumnya ditemukan pada Januari lalu di lokasi tersebut. Di lokasi itu tengah berlangsung pekerjaan untuk membangun stasiun kereta baru. “Dua bom sebelumnya ditempatkan secara horizontal dan yang satu ini adalah vertikal. Dua pertiga dari bom sebenarnya terkubur di bawah tanah, kami perlu menggali setidaknya bagian dari objek itu sebelum kami memulai operasi kami,” kata seorang ahli penjinak bom, Ngo-yau. “Dikarenakan bomnya tidak stabil, kami perlu melakukannya dengan sangat hati-hati,” tutur Lai. Sebelumnya, pada tahun 2016, seorang pendaki menemukan enam granat Perang Dunia di dekat kawasan Happy Valley. Pada tahun 2014, polisi Hong Kong menjinakkan sebuah bom era Perang Dunia II yang beratnya nyaris satu ton, bom terbesar yang pernah ditemukan di Hong Kong. (dc-adp)

Serangan Iran ke Israel Sangat Mengkhawatirkan Jakarta | Jurnal Asia Uni Eropa menyebut laporan soal serangan Iran terhadap sejumlah pos tentara Israel sangat mengkhawatirkan dan menyatakan Tel Aviv punya hak untuk mempertahankan diri. “Laporan soal serangan Iran terhadap pos tentara Israel dari wilayah Suriah, yang direspons Israel dengan menyerang balik sasaran Iran di Suriah, sangatlah mengkhawatirkan,” kata Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, dikutip Reuters pada Jumat (11/5). Israel menyatakan telah menyerang hampir seluruh infrastruktur militer Iran di Suriah, menghancurkan puluhan situs, setelah pasukan Teheran menembakkan roket ke wilayah pendudukan Israel untuk pertama kalinya. Insiden ini terjadi menyusul pengumuman Presiden Donald Trump yang menarik Amerika Serikat dari perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan sejumlah negara besar dunia. Negara-negara Barat gagal membujuk Trump untuk tidak mengambil keputusan tersebut dan, kini, Uni Eropa meminta semua pihak di kawasan menahan diri untuk menghindari eskalasi lebih jauh. Pesan ini pun dilontarkan oleh Jerman dan Perancis. “Eskalasi dalam beberapa jam terakhir menunjukkan bahwa ini semua soal perang dan perdamaian. Dan saya hanya bisa meminta semua pihak untuk menahan diri,” kata Kanselir Jerman Angela Merkel. Sementara itu, Menteri Luar Negeri Perancis JeanYves Le Drian mengatakan situasi di Timur Tengah menjadi sangat berbahaya. Dia juga mengatakan tak ada ‘rencana B’ untuk merespons langkah Trump dan Pihaknya ingin mempertahankan perjanjian dengan Iran meski Washington sudah tak lagi ikut serta. “Jelas insiden semalam adalah bagian dari konteks baru di Timur Tengah, di mana hal yang kami takutkan mulai menjadi kenyataan: isu Suriah dan Iran menjadi terkait,” kata Le Drian kepada BFM TV, dikutip Reuters. (cnn-adp)


Sabtu 12 Mei 2018

9

BISNIS Jadwal Penerbangan Penerbangan Jadwal Bandara Kualanamu Sabtu, Kamis,12 18Mei Februari 2018 2016

Garuda Indonesia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta GA 181 Jakarta GA 183 Jakarta GA 197 Jakarta GA 185 Jakarta GA 187 Jakarta GA 189 Jakarta GA 121 Jakarta GA 191 Jakarta GA 193 Jakarta GA 195 Banda Aceh GA 280 Surabaya GA 288 Palembang GA 266 Denpasar (via Palembang) Batam GA 270 Lampung (via Batam) GA 270 Lhokseumawe GA 7124 Sibolga GA 263 Sabang GA 7112 Gunung Sitoli GA 7116 Silangit GA 7136 Singapura GA 850

05.20 09.00 10.10 11.15 12.20 14.05 16.05 17.00 18.35 20.35 16.10 06.00 06.30 GA 266 09.20 09.20 09.55 07.30 08.50 07.00 13.20 13.30

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Banda Aceh Surabaya Palembang 06.30 Batam

GA 180 GA 194 GA 182 GA 184 GA 186 GA118 GA 188 GA 190 GA 192 GA 196 GA 281 GA 289 GA 267

JAM

GA 271

17.05

Lhokseumawe Sibolga Sabang Gunung Sitoli Silangit Singapura

GA 7125 GA 262 GA 7113 GA 7117 GA 7137 GA 851

12.15 15.20 12.10 08.20 15.20 11.45

08.00 09.10 10.15 11.20 13.05 15.10 16.00 17.30 19.35 22.10 18.55 19.40 16.30

Batik Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

09.15 12.45 18.45 05.00 11.00 18.00

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

ID 7015 ID 7013 ID 7021 ID 6884 ID 6886 ID 6890

ID 7014 ID 7012 ID 7016 ID 6881 ID 6885 ID 6891

JAM 18.00 19.35 22.25 10.20 11.50 17.20

AirAsia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

11.10 13.25 18.50 18.30 12.25 15.35 09.10 17.25 20.25 15.50 07.05 06.00

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

QZ 107 QZ 103 QZ 105 AK 299 QZ 123 QZ 125 AK 391 AK 393 AK 395 QZ 155 QZ 8041 QZ 8075

QZ 106 QZ 102 QZ 104 AK 298 QZ 122 QZ 124 AK 390 AK 392 AK 394 QZ 154 QZ 8040 QZ 8074

JAM 13.00 15.25 20.50 18.05 14.50 18.20 08.35 16.55 20.00 20.10 10.35 11.55

Wings Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

06.20 08.10 08.15 09.00 11.30 14.00 10.45 13.20 10.00 07.50 13.30 -

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

IW 1263 IW 1265 IW 1269 IW 1249 IW 1267 IW 1261 IW 1253 IW 1241 IW 1251 IW 1259 IW 1257 IW 1255

07.35 08.35 10.20 11.05 13.35 16.05 12.55 15.35 12.25 09.55 12.15 15.15

IW 1268 IW 1264 IW 1266 IW 1248 IW 1262 IW 1260 IW 1252 IW 1240 IW 1250 IW 1258 IW 1256 IW 1254

Antara | Syifa Yulinnas SERTIFIKASI BENIH KELAPA SAWIT. Petani menyiram bibit kelapa sawit yang telah disertiikasi di Desa Rimba Langgeh, Kecamatan Arogan Lambalek, Aceh Bara. Sertiikasi benih kelapa sawit untuk meningkatkan kualitas hasil produksi serta mencegah beredarnya benih sawit palsu. Saat ini pemerintah terus matangkan persiapan diplomasi pasca-keputusan moratorium masuknya kelapa sawit Indonesia ke Uni Eropa.

Sawit RI Dimoratorium Kemiskinan Bisa Meningkat Jakarta | Jurnal Asia Pemerintah terus matangkan persiapan diplomasi pasca-keputusan moratorium masuknya kelapa sawit Indonesia ke Uni Eropa. Langkah ini ditempuh karena banyak sekali orang yang menggantungkan hidupnya pada komoditas ini. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah bukan mau meminta Uni Eropa untuk mencabut moratorium kelapa sawit Indonesia. Tapi ingin menjelaskan mengenai sawit supaya bisa mendapat perlakuan adil. “Saya sudah bicara di parlemen Uni Eropa. Kami jelaskan kelapa sawit di sini ada 12 juta hektare, kemudian masalah human right ada 17,5 juta orang kerja di lahan ini,” jelasnya, Jumat (11/5). Luhut mengatakan, keluarnya keputusan moratorium karena Uni Eropa

tidak memahami arti besar kelapa sawit di sini. Oleh karena itu, untuk lebih menguatkan penjelasan pemerintah sebelumnya, akan dilakukan pertemuan soal pengembangan berkelanjutan kelapa sawit di Roma, 15 Mei 2018. Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melalui forum formal di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mendorong Uni Eropa untuk berlaku adil terhadap minyak kelapa sawit. Demikian seperti disampaikan dalam keterangan pers Perwakilan Tetap RI (PTRI) Jenewa yang diterima di Jakarta, Sabtu (24/3/2018). Delegasi Indonesia untuk pertama kalinya menyampaikan keprihatinan terhadap perkembangan pembahasan kebijakan amandemen Pedoman Energi Terbarukan Uni Eropa yang dikaitkan dengan minyak kelapa sawit. Keprihatinan Indonesia disampaikan

oleh Delegasi Indonesia yang hadir pada Pertemuan Komite Hambatan Teknis Perdagangan WTO di Jenewa, Swiss. Delegasi Indonesia menyampaikan bahwa pembahasan amandemen Pedoman Energi Terbarukan (Renewable Energy Directive/RED) di Uni Eropa akan mengakibatkan perlakuan yang berbeda antara minyak kelapa sawit dengan minyak nabati lainnya. Hal tersebut berpotensi menurunkan nilai tambah dari minyak kelapa sawit sebagai salah satu komponen biofuel yang dapat berkontribusi terhadap komitmen capaian energi terbarukan Uni Eropa sekaligus menurunkan konsumsi biofuel. Terkait hal itu, Indonesia mendorong Uni Eropa agar tidak menerapkan kebijakan yang diskriminatif dan menyesuaikan dengan komitmennya terhadap ketentuan-ketentuan WTO. (oz|swm)

Kebutuhan Uang Kartal Lebaran 2018 Naik 15 Persen Medan | Jurnal Asia Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara (Sumut) memprediksi kebutuhan uang kartal menjelang Lebaran 2018 untuk wilayah Medan mencapai Rp4,1 triliun. Angka ini meningkat 15 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp3,6 triliun. Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Arief Budi Santoso mengatakan, dalam memenuhi kebutuhan tersebut, KPw Bl Provinsi Sumut akan melaksanakan sejumlah strategi pelayanan kepada masyarakat. Dengan begitu, diharapkan dapat mempermudah masyarakan penukaran uang pecahan kecil. Tahun ini, lanjutnya, untuk pelayanan perbankan, BI bekerjasama dengan sembilan bank dan terdiri dari 50

loket penukaran bank. Bank tersebut diantaranya, Mestika, Bank Mandiri, Bank Sumut, BNI, Bank Mega, BTN, BRI, Bank Permata, dan Bank ANZ. Penukaran uang juga bisa dilakukan menggunakan kartu (Card to Cash), loket ini sudah berjalan efektif dilaksanakan sejak 7 November 2013. Penukaran tetap dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis dengan layanan penukaran uang Hasil Cetak Sempurna (HCS). “Masyarakat juga bisa langsung menukar uang di Lapangan Benteng dengan kas mobil. Ada 15 (lima belas) mobil perbankan dan satu kas mobil BankIndonesia. Ada juga kas keliling ke pasar-pasar di Kota Medan,” katanya di Medan, Jumat (11/5). Ia merinci, kegiatan pelayanan

tersebut akan dilaksanakan selama 15 hari kerja terhitung 16 Mei 2018 sampai 12 Juni 2018. Adapun nominal yang dapat ditukarkan pada layanan penukaran oleh perbankan, penukaran kas mobil di lapangan benteng dan layanan kas keliling mobile maksimal sebesar Rp3,7 juta dengan rincian pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000, masingmasing satu pak. “Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan permintaan uang pecahan kecil berbagai strategi yang dilakukan oleh Bank Indonesia juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan bertransaksi serta meminimalkan aksi “pedagang uang” yang biasanya muncul,” tandasnya. (netty-swm)


10

Sabtu 12 Mei 2018

BISNIS

Lion air BERANGKAT KE Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 211 JT 397 JT 207 JT 395 JT 303 JT 201 JT 387 JT 399 JT 383 JT 385 JT 203 JT 305 JT 205 JT 140 JT 295 JT 913 JT 960 JT 902 JT 196 JT 306 JT 396 JT 231 JT 131 JT 970 JT 957 JT 988 JT 932 JT 972 JT 977 JT 134 JT 132 JT 136

JAM 07.50 08.40 11.50 12.50 13.50 15.20 15.50 17.45 18.00 18.30 20.10 12.40 16.40 06.30 09.00 13.15 08.10 14.50 20.25 06.00 13.00 07.00 09.20 10.00 12.25 12.55 14.50 08.00 09.40 16.15

TIBA DARI Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 210 JT 380 JT 394 JT 302 JT 200 JT 204 JT 306 JT 398 JT 382 JT 202 JT 206 JT 396 JT 212 JT 141 JT 294 JT 911 JT 961 JT 912 JT 397 JT 197 JT 305 JT 130 JT 230 JT 956 JT 971 JT 973 JT 989 JT 974 JT 958 JT 135 JT 133 JT 137

JAM 07.20 08.20 10.20 11.10 12.10 13.10 14.10 14.40 15.10 17.20 18.30 19.45 21.50 15.30 19.30 12.35 19.10 22.15 07.05 11.05 17.40 12.20 19.25 10.50 12.15 16.00 17.10 18.30 19.50 10.20 12.00 18.40

Sriwijaya air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 020 SJ 102 IN 9035 SJ 021

06.05 09.40 08.50 11.30 12.15

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 016 SJ 013 IN 9034 SJ 020

08.10 16.35 11.00 10.45 11.30

Silk air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Singapura Singapura

MI 233 MI 237

08.40 20.05

Singapura Singapura

MI 234 MI 238

07.55 19.20

BERANGKAT KE Subang

Flight FY 3413

JAM 10.50

TIBA DARI Subang

Flight FY 3412

JAM 10.25

Flight 3K 281

JAM 09.05

Firely

Jetstar asia BERANGKAT KE Singapura

Flight 3K 282

JAM 09.45

TIBA DARI Singapura

Malaysia airlines BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 861 MH 865

09.05 15.5

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 860 MH 864

08.25 15.1

Citilink BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 8817 QG 831 QG 837 QG 833 QG 835 QG 143 QG 141 QG884 QG 882 QG 927

06.35 08.40 09.35 18.50 20.25 11.00 18.10 08.50 15.05 12.05

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 830 QG 836 QG 832 QG 834 QG 140 QG 142 QG 885 QG 883 QG 926

08.10 14.35 09.10 19.55 07.15 10.30 08.20 18.15 11.30

Jadwal Sewaktu - waktu dapat berubah

Antara | Nova Wahyudi PENCANANGAN PROYEK NPK 2,4 TON. Menteri BUMN Rini M Soemarno didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (persero) Aas Asikin Idat, Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Mulyono Prawiro, Direktur Utama PT Wijaya Karya Tumiyana menekan tombol saat Peresmian Pabrik PT Pupuk Sriwidjaja II B, pencanangan proyek pengembangan 2,4 juta ton dan Ground Breaking Pabrik NPK di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (11/5).

Pupuk Indonesia Kembangkan NPK 2,4 Juta Ton Palembang | Jurnal Asia Potensi pasar pupuk NPK di dalam negeri masih terbuka lebar terutama untuk sektor perkebunan. Direktur utama PT. Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat mengatakan saat ini diperkirakan masih terdapat kekurangan pasokan NPK domestik sekitar 3,9 juta ton, dari total kebutuhan nasional 11,1 juta ton. “Untuk memenuhi kebutuhan itu, Pupuk Indonesia berencana menambah kapasitas produksi Pupuk NPK hingga 2,4 juta ton,” kata Aas di sela pencanangan proyek tersebut di area Pabrik PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang, Jumat (11/5). “Kami tidak hanya mengamankan kebutuhan dalam negeri, tapi juga menunjang program ketahanan pangan,” katanya. Pencanangan ini dilakukan oleh Menteri BUMN, Rini M Soemarno, dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero). Aas Asikin Idat mengatakan Pupuk Indonesia optimistis industri pupuk dan petrokimia mempunyai prospek yang

baik ke depan. Karena kebutuhan pupuk NPK akan terus meningkat. Masih kata Aas, dengan hadirnya tambahan kapasitas pabrik ini, bukan hanya mengamankan kebutuhan dalam negeri, tapi juga dapat semakin menunjang program ketahanan pangan karena penggunaan pupuk NPK terbukti dapat meningkatkan produktivitas pertanian maupun komoditas perkebunan. Selain itu ia sangat optimistis program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan hasil panennya. Hingga 2025, selain pengembangan berkapasitas 200.000 ton per-tahun di PT Pupuk Sriwidjaja, persiapan proyek juga sedang dilakukan oleh Pupuk Indonesia yaitu pembangunan pabrik NPK di PT Pupuk Iskandar Muda sebesar 1.000.000 ton per-tahun, PT Pupuk Kujang Cikampek sebesar 200.000 ton pertahun, PT Pupuk Kalimantan Timur sebesar 1.000.000 ton per-tahun. Kapasitas produksi urea saat ini sekitar 8,3 juta ton tidak akan ditambah lagi.

Pupuk Indonesia akan mengoptimalkan untuk memenuhi kebutuhan domestik dalam rangka ketahanan pangan, serta menggunakan produk urea hasil produksi kita sebagai bahan baku pupuk NPK. Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Mulyono Prawiro mengatakan pembangunan pabrik NPK Fusion berkapasitas 2 x 100.000 MTPY di PT Pupuk Sriwidjaja diperkirakan selesai di tahun 2019. Kehadiran pabrik tersebut ia yakini dapat memperkuat pasokan pupuk NPK di sektor pangan, perkebunan dan holtikultura terutama untuk wilayah Sumatera. Pembangunan pabrik NPK Fusion II katanya berteknologi Steam Fused Granulation yang merupakan salah satu pengembangan kapasitas pupuk NPK yang dilakukan Pupuk Indonesia Grup. “Kami tidak hanya mengamankan kebutuhan dalam negeri, tapi juga menunjang program ketahanan pangan,” katanya. (rol|tmp|swm)

Jelang Ramadhan

Baznas Buka 36 Gerai Zakat Saham Jakarta | Jurnal Asia Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan PT Henan Putihrai, menjelang Ramadhan ini membuka gerai zakat saham. Deputi Baznas Ariin Purwakananta mengatakan ada sebanyak 36 gerai zakat saham yang dibuka menjelang hingga selesai Ramadhan. Gerai zakat saham itu akan beroperasi di sejumlah mall dan perkantoran. Salah satu gerai yang dibuka yaitu di main hall Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) “Gerai ini resmi melayani masyarakat menunaikan zakat dan sedekah saham,” kata Ariin di BEI, Jumat (11/5). Dia menjelaskan, gerai tersebut dibuka untuk memudahkan layanan zakat dan sedekah masyarakat yang beraktivitas di

sekitar BEI hingga akhir Ramadhan nanti. Selain itu, Arifin memastikan di gerai tersebut, masyarakat juga bisa memperoleh informasi seputar pasar modal syariah, mekanisme zakat, sedekah saham, dan konsultasi zakat. Arifin mengungkapkan selama ini program sedekah dan zakat saham (Sazadah) sudah diluncurkan sejak November 2017 setelah melalui kajian Majelis Ulama Indonesia(MUI). Saham termasuk jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya setelah mencapai nisab (batasan kekayaan seorang Muslim wajib atau tidak mengeluarkan zakat, Red),” jelas Ariin. Dengan begitu, dia menegaskan zakat saham bisa memfasilitasi investor syariah

maupun konvensional untuk menyucikan harta. Selain itu, dia mengatakan, investor juga bisa berbagi kepada sesama melalui zakat saham. Sementara itu, Direksi PT Henan Putihrai Sekuritas Mohamad Yunus menjelaskan, pihaknya juga memberikan kemudahan bagi investor pasar modal yang ingin melakukan zakat saham. “Asalkan (investor) sudah memiliki rekening efek saham di BEI silakan langsung menghubungi perwakilan kami,” kata Yunus. Yunus menjelaskan perwakilan dari Henan Putihrai Sekuritas akan membantu proses sedekah dan zakat saham. Dengan begitu, investor yang ingin menyucikan hartanya bisa melakukan zakat saham dengan mudah dan cepat. (rep|swm)


sabtu 12 mei 2018

11

SAMBUNGAN Waspadai Peredaran .................................. Pagi itu, kedua tersangka menggunakan upal menjadi alat tukar jual beli. Namun, ketika menukarkan barang belanjaan dengan upal, aksi kedua nya dipergoki salah seorang pedagang Jalan Alfalah Raya Medan, Suyadi. Kendati sudah berumur 70 tahun, Suyadi dapat melihat dengan jeli, uang yang diberikan keduanya bukan uang asli. Korban, Suyadi yang menerima uang ini lantas menegur kedua tersangka. Keributan tak terelakan, warga sekitar yang geram dengan ulah keduanya sempat menghajarnya hingga membuat kedua tersangka mengalami luka di bagian wajahnya. Kanit Reskrim Polsek Medan Timur Iptu Made Yoga Mahendra menjelaskan pihaknya yang

mendapat laporan ini kemudian turun ke lokasi kejadian dan mengamankan kedua tersangka dari aksi amuk massa. “Sudah diamankan keduanya diduga mengedarkan upal, dengan barang bukti 8 lembar upal pecahan Rp100 Ribu,” ujarnya. Disinggung mengenai dari mana keduanya, mendapatkan upal, Made Yoga mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan mendalam. “Masih kita dalami ya,” imbuhnya. Atas kejadian ini, masyarakat dihimbau untuk mewaspadai peredaran upal menjelang bulan puasa. “Masyarakat harus lebih teliti menerima uang, karena perbedaan upal mudah diketahui bila diperhatikan seksama,” tandasnya. (bowo/put)

Hari Ini ......................................................... “Jadi mereka yang menyusun tema ini. Kami hanya memfasilitasi saja. Mereka inilah yang me­ nentukan apa tema yang diangkat. Per tanyaan disusun dari tujuh orang panelis untuk menggali visi misi paslon itu,” jelas Mulia. Namun untuk pelaksanaan debat putaran kedua ini, lanjut Mulia, KPU Sumut membatasi bahwa paslon hanya bisa membawa 120 orang pendukung. Padahal di debat publik putaran pertama, para paslon bisa membawa 150 orang pendukung. “Pesertanya 120 orang dari per paslon. Kami rayu masing­ masing tim supaya mengurangi. Memang banyak keinginan untuk ikut debat itu. Tetapi terpaksa dikurangi karena teman­teman KPU Kabupaten Kota juga ingin hadir dan teman­teman mahasiswa juga,” urai Mulia. Tak hanya itu, sama seperti pada debat putaran pertama, di debat putaran kedua ini para paslon juga hanya diberikan waktu menjawab pertanyaan 60 detik, statemen, closing statemen 30 detik. “Memang dibatasi, saya saja

ngasi sambutan dibatasi hanya 3 menit. Ini sudah melalui rapat kordinasi masing­masing tim kam panye. Tujuannya dalam debat nanti kan ada lagi jeda dan iklan KPU sebagai sosialisasi di masyarakat,” ujarnya. Terkait pengamanan, Mulia me ngaku telah berkoordinasi dengan Polda Sumut untuk me­ ngawal jalannya pelaksanaan debat. Dia berharap pelaksanaan debat nantinya berjalan kondusif dan tidak terjadi benturan antara pendukung paslon. Dijaga 422 Personel Polisi Sementara, Kapolrestabes Me­ dan Kombes Pol Dadang Hartanto melalui Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP I Gede Nakti Widhiarta menjelaskan dalam debat putaran kedua ini pihaknya mengerahkan 422 personel. “Nantinya ratusan personel ini disebar di 3 ring di lokasi acara,” ujarnya kepada wartawan. Dijelaskannya, pengamanan ketat ini digelar agar acara debat paslon yang melibatkan pen­ dukung yang ramai dari kedua kubu berjalan aman, dan lancar. (bowo/put)

Israk Mi’raj Momentum Peningkatan Kualitas Sholat Fardhu Medan | Jurnal Asia Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh umat Muslim Kota Medan untuk memaknai peristiwa Israk Mi”raj Nabi Besar Muhammad SAW. Selain perintah melaksanakan shalat lima waktu, Allah SWT juga memerintahkan seluruh umat Muslim senantiasa berbuat kebajikan. Makna inilah diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari­hari. Pesan ini disampaikan Wali Kota ketika menghadiri Peringatan Israk Mi”raj yang digelar Pemko Medan di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (9/5) petang. Ribuan umat Islam memenuhi lapangan bersejarah itu untuk mengikuti Peringatan Israk Mi’raj. Atas dasar itulah melalui momentum Peringatan Israk Mi’raj tersebut, Wali Kota berharap agar umat muslim Kota Medan menjadikannya sebagai sarana untuk intropeksi diri terhadap peningkatan kualitas pelaksanaan shalat lima waktu. “Intropeksi ini tentunya sangat

penting dilakukan agar shalat lima waktu yang kita kerjakanakan selama ini dapat menjadi lebih baik lagi sepanjang hayat kita. Di samping itu juga untuk mengajak kita untuk memakmurkan masjid. Kemudian melalui Peringatan Israk Mi’raj ini, mari kita senantiasa berbuat kebaikan dalam kehidupan sehar­hari,” kata Wali Kota. Oleh karenanya sepulang menghadiri

Penya ringatan Israk Mi’raj, Wali Kota berpesan agar seluruh umat Muslim Kota Medan sudah mampu menjaga kualitas shalatnya masing­masing. Apalagi, kata Wali Kota, dalam beberapa hari ini umat Muslim akan menyambut sekaligus melaksanakan ibadah puasa. “Tentunya akan semakin memotivasi kita untuk meningkatkan kualitas shalat,” ungkapnya. (put)

Buah di Sumut .......................................................................................... Sedangkan pemerintah sebagai regulator akan hadir memfasilitasi pelaku usaha kecil menengah untuk mendapatkan bantuan permodalan. “Kalau bisa diusahakan bantuan modal tanpa bunga. Tapi ya bergulir, supaya yang lain ikut merasakan,” ujarnya. Djarot mengatakan, Sumatera Utara memiliki kekayaan alam luar biasa, baik di sektor pertanian, pariwisata, perikanan dan lainnya. Seluruh potensi ini jika diorganisir dan dikelola dengan profesional akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Saya sudah merasakan semua buah­ buahan yang ada di Sumatera Utara, dengan kualitas luar biasa. Dan itu semua dikelola masyarakat biasa,” ujarnya. Calon Gubernur Sumatera Utara yang berpasangan dengan Sihar Sitorus ini mengatakan, kalau ada yang mengorganisir itu semua untuk diekspor,

maka sektor pertanian akan maju, sektor ekonomi akan bergairah. Apalagi letak geografis Sumut strategis dan pemerintah pusat, dalam hal ini Presiden Jokowi, memberikan perhatian khusus untuk Sumut. Djarot mengungkapkan pengalam­ annya saat memimpin di Kota Blitar, tidak pernah sekalipun menyajikan buah impor atau makanan siap saji di rumah dinas maupun dalam acara­acara resmi di lingkungan Pemko Blitar. “Kau harus makan apa yang ditanam petani sendiri. Buah­buahan di Sumatera Utara itu melimpah. Mohon maaf saya tidak anti produk import, tapi kalau ada di sini, buat apa beli produk impor,” ucapnya. Ia mencontohkan durian Simentega dari Kabupaten Tapanuli Tengah (Tap­ teng), kualitas luar biasa, harga Rp25 ribu per gandeng. Belum lagi potensi wisata, seperti pantai Sorake di Teluk Dalam

Kepulauan Nias, memiliki keindahan luar biasa. Kemudian, wisata buatan seperti wisata kuliner juga bisa dikembangkan. “Nah, harapan kita Akurindo meng­ organisir seluruh potensi­potensi yang ada supaya ada kerinduan,” tukas Djarot selaku pembina Akurindo. Di akhir sambutannya, Djarot ber­ harap agar Akurindo menjadi pelopor, membangun kemandirian eko nomi, menjadi inspirasi bagi daerah lain. Acara pelantikan tersebut ditandai penyerahan pataka dari Ketum Akurindo Emil Muis kepada Ketua DPW Akurindo Sumut Ir Riris Sihombing. Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia adalah asosiasi yang di­ bentuk dengan tujuan untuk menum­ buhkembangkan UMKM dengan tema memperkuat dan membangun jaringan UMKM dengan semangat gotong royong. (isvan-rel)

Brimob Tewas .......................................................................................................................................................................... “Bukan menusuk ya, sebetulnya menyabet. Beda, menusuk itu tajam ke dalam, ini menyamping. Luka tidak terlalu besar ya, tapi diduga ada racun. Kemudian temannya yang lain langsung menembak, ini boleh, ancaman mematikan tembak, sehingga yang bersangkutan meninggal di tempat,” ujar Tito setelah mendatangi rumah duka Aipda Denny Setiadi, Jl Kramat 3E, Lubang Buaya, Jakarta Timur. “Ini luka yang sangat kecil. Kemung­ kinan besar ini beracun, ini sedang diperiksa Puslabfor,” sambung Tito. SOP Lemah Peristiwa penusukan polisi pascarusuh napi teroris di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, menunjukkan SOP Polri masih lemah. Petugas seharusnya melakukan pemeriksaan tubuh terhadap seseorang yang dicurigai. “Kasus ini menunjukkan bahwa sikap profesional, kepekaan, kepedulian, dan ketaatan pada SOP semakin rendah,” kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane dalam keterangannya.

Menurut Neta, petugas seharusnya menerapkan SOP yang benar ketika mengamankan seseorang yang dicurigai. Pemeriksaan tubuh dan barang bawaan orang yang dicurigai wajib dilakukan. “Saat menangkap orang yang mencurigakan, polisi harus menggeledah seluruh tubuh pelaku agar polisi yang menangkap dan membawanya ke kantor polisi lebih aman dari berbagai ancaman. Ini SOP. Jika kemudian orang yang dicurigai tersebut bisa menusuk polisi di markas polisi, tentu banyak hal yang salah. Dari mana yang bersangkutan mendapatkan pisau dan kenapa yang bersangkutan tidak digeledah secara cermat,” tegasnya. Kejadian itu, menurut Neta, menunjukkan pengamanan di Mako Brimob masih lemah. “Mako Brimob sebenarnya selama ini terkesan menakutkan, tapi ternyata aparat yang bertugas masih kurang profesional, tidak peka, tidak cermat, dan tidak menjalankan SOP dengan maksimal,”

tuturnya. Dalam keterangannya, Neta juga menjelaskan kronologi penyerangan terhadap korban Bripka Frence. Berdasarkan informasi yang diterima Neta, yang menurutnya info A1 (akurat), peristiwa pada Kamis (10/5) malam bermula ketika dua anggota Intel Brimob melihat tiga lelaki mencurigakan di sekitar Mako Brimob. “Sepertinya ketiganya diduga membawa bahan peledak. Kedua Intel Brimob itu, Briptu Norman dan Briptu G, pun berusaha membekuk ketiganya. Namun hanya TS yang tertangkap. Sedangkan dua temannya berhasil kabur,” tuturnya. Karena membawa bahan peledak, pelaku Tendi Sumarno dibawa ke kantor Satintelmob di dalam Mako Brimob. Saat diperiksa, Tendi meminta izin ke toilet. Karena lama tidak muncul, korban mendatangi toilet. “Saat itulah TS (Tendi Sumarno) melakukan serangan dan menikam anggota Brimob itu bertubi­tubi. Mendengar keributan di toilet, teman­

temannya mendatangi TKP dan berhasil membekuk TS,” ungkapnya. Korban kemudian dibawa ke RS Bhayangkara. Pukul 02.40 WIB, Jumat (11/5), korban dinyatakan meninggal dengan luka parah di bagian perut. “IPW merasa prihatin atas peristiwa ini karena terjadi di Mako Brimob pascakekacauan di Rutan Brimob. IPW berharap Polri transparan mengungkap peristiwa pembunuhan anggota Brimob ini dan mengungkap pelaku dari teroris jaringan mana. Polri juga perlu meningkatkan keamanan di sekitar Mako Brimob. Jika keamanan polisi di markas komando pasukan elite Polri itu saja tidak bisa terjaga, bagaimana publik bisa percaya bahwa polisi mampu menjaga keamanan masyarakat,” tandasnya. Dua Tahun Berpisah Tendi juga disebut berangkat ke Jakarta untuk bekerja di proyek pembangunan pada dua tahun lalu. “Ketemu terakhir pas tahun baru. Kerja bangunan,” ujar ibunda Tendi, Warsiti, saat ditemui di kediamannya

di Kampung Buniara, Tanjung Siang, Subang, Jawa Barat, Jumat siang. Namun Warsiti mengaku tidak mengetahui keseharian Tendi. Keluarga juga tidak mencurigai adanya gerak­ gerik aneh yang ditunjukkan Tendi. Bahkan kabar kematian Tendi baru diketahui pihak keluarga hari ini. “Baru tahu tadi, saya kira meninggal karena kecelakaan kerja aja di PT,” sambung Warsiti. Tendi, yang lahir di Muna, Sulawesi Tenggara, dibesarkan di Subang. Setelah lulus dari SMK, menurut Warsiti, Tendi diajak bekerja ke Jakarta. “Tidak ada perubahan, dia tetap baik, hubungan baik selayaknya ibu dan anak,” sambungnya. Sementara itu, ketua RW setem­ pat, Ade, mengatakan warga tetap menerima jasad Tendi untuk di­ makamkan di Subang. “Kalau untuk warga, saya menerima apa adanya si korban karena nggak tahulah isti­ lahnya di luarnya bagaimana gitu kan. Di mata masyarakat, baik nggak ada permasalahan,” tandas Ade. (dtc/put)


12

sabtu 12 Mei 2018

SEREMONI

Pemerintah dan Pengusaha Kumpul Bahas Infrastruktur Jakarta | Jurnal Asia Pemerintah bersama pengusaha mengadakan diskusi bertema ‘Pem­ bangunan Infrastruktur Untuk Siapa?. Dialog tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Acara yang berlangsung di Hotel Gran Melia Jakarta ini, dibuka oleh Ke­ tua Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Bidang Infrastruktur Andi Iwan Aras. Acara dialog dibalut diskusi ini berisi dua sesi. Sesi Pertama, selaku narasumber dari pemerintah adalah Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan

Pe rumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin. Selanjutnya ada dari kalangan DPR, yakni Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis. Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli juga hadir meramaikan dialog. Sementara dari pengusaha adalah Ketua BPP HIPMI bidang Infrastruktur Andi Iwan Aras, dan Ketua Umum Perhimpunan Pengusaha Jasa Kantor Bersama (PERJAKBI) Anggawira. “Kami ingin narasumber bisa memberikan pencerahan tentang pembangunan infrastruktur di Indonesia yang jadi program utama

pemerintah,” katanya, Jumat (11/5). Selanjutnya sesi dua, rencananya akan diisi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Edy Junaedi, Kepala Dinas Penataan Kota DKI Jakarta Benny Agus. Lalu ada Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin, dan Wakil Presiden Eksekutif PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) Irman Boyle. “Kami pada dasarnya membuat dialog ini sekaligus untuk mencari pasar baru buat anggota HIPMI yang bisa diberdayakan dalam proses pembangunan infrastruktur,” tambahnya. (dc-van)

Jurnal Asia | Ist Penghargaan. Direktur GarudaFood Group Paulus Tedjosutikno (tengah) menerima penghargaan untuk kategori Consumer Goods dalam ajang IMACO Award 2018 di Jakarta, kemarin.

Garudafood Sabet Penghargaan IMACO Award 2018 Jakarta | Jurnal Asia Garudafood Group menyabet penghargaan untuk kategori Consumer Goods dalam ajang Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award 2018. Perusahaan tersebut menjadi salah satu penerima penghargaan dari 104 perusahaan di Indonesia. Penghargaan diberikan Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi, Muhammad Ihsan didampingi Pemimpin Perusahaan Warta Ekonomi kepada Direktur GarudaFood Group Paulus Tedjosutikno, kemarin. Sebanyak 18.000 responden

mengikuti riset yang dilakukan oleh Warta Ekonomi Research and Consulting (WERC) menilai GarudaFood sebagai perusahaan yang paling dikagumi dan menjadi tempat idaman untuk bekerja. Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja secara internal maupun eksternal dan menciptakan lingkungan kerja yang positif bagi karyawan. Hal ini juga dibuktikan dengan diraihnya HR Excellence Award untuk kategori Learning & Development Strategy dengan Rating A belum lama ini. (netty-rel)

Butuh Tujuh Tahun Angkat Semua Guru Honorer Magetan | Jurnal Asia Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Efendy mengatakan, butuh waktu tujuh tahun untuk mengangkat guru honorer di seluruh Indonesia. Jumlah guru honorer di Indonesia mencapai 736 ribu orang. “Kalau misalnya setiap tahun pemerintah mengangkat 100 ribu orang guru honorer, maka butuh waktu tujuh tahun lebih untuk bisa menyelesaikan permasalahan guru honorer,” kata Muhadjir, di Magetan, Jawa Timur, Jumat (11/5). Menurut Muhadjir, banyaknya guru honorer tersebut sebagai akibat dari adanya moratorium (penundaan) pengangkatan guru. Sehingga, guru yang pensiun tidak dapat diganti dengan mengangkat guru baru. “Karena adanya moratorium pengangkatan guru, maka guru yang pensiun tidak bisa diganti. Sebagai gantinya, kepala sekolah mengangkat guru honorer, sehingga sekarang menumpuk sampai sekitar 736 ribu,” tutur Muhadjir. Ia menyadari gaji guru honorer sangat kecil. Kecilnya gaji guru honorer karena yang menggaji mereka adalah kepala sekolah. “Karena yang mengangkat mereka

kepala sekolah, maka pemerintah daerah tidak bisa mengeluarkan gaji untuk guru honorer. Kalau kepala daerah mengeluarkan anggaran untuk gaji guru honorer, bisa menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan, bupatinya bisa ditangkap KPK,” tegasnya. Dia berharap, mulai tahun ini secara bertahap guru honorer bisa diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). “Mudah­mudahan mulai tahun ini kita akan mengangkat guru secara bertahap karena anggar­ an pemerintah terbatas,” ucapnya. Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim meminta pemerintah tidak mengabulkan permintaan kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS). Karena, menurut dia, lebih baik pemerintah memprioritaskan pemenuhan kualitas SDM pen di­ dikan. Salah satunya dengan meng­ angkat guru honorer menjadi PNS “Lebih baik angkat guru honorer daripada kenaikan gaji PNS. Dalam UUD ‘45 saja ditegaskan bahwa cita­cita kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadi, guru atau tenaga pendidik tentu harus jadi prioritas,” kata Ramli, Ahad (4/3). (rep-van)

Jurnal Asia | Ist Sihar Sitorus jadi juri casting ilm. Nagabonar Reborn barsama Darius dan Gading Martin di Lapangan Merdeka Kota Medan, Jumat (11/5).

Sihar Sitorus Jadi Juri Casting Film Nagabonar Reborn Medan | Jurnal Asia Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus mencoba beraktivitas di dunia periliman, namun bukan menjadi aktor, melainkan menjadi juri casting bagi pemeran iguran ilm Nagabonar Reborn yang digelar di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Jumat (11/5) Sihar menjadi juri casting bersama dua aktor yang sudah mengakar di dunia perilman Indonesia, Darius Sinathrya, Gading Martin dan Produser Film, Trimedya Panjaitan, Eksekutif Producer, Gusti Randa. Kelima juri ini duduk berjejer seraya menilai ratusan warga Sumatera Utara yang menampilkan bakatnya menjadi seorang aktor. Sesekali saat menyaksikan talent yang sedang berakting, Sihar, Gading dan Darius tampak tersenyum dan sesekali memperbincangkan kemampuan sang talent, kemudian memberikan catatan form penilaian yang sudah disediakan sebelumnya. Gading Martin dan Darius saat istirahat makan siang dan salat Jumat, langsung dikerumuni oleh para peserta

casting untuk berfoto bersama. Sihar juga tidak kalah dengan keduanya, Sihar juga dikerumuni para peserta. Usai melandeni swafoto, Gading dan Darius berfoto bersama dengan Sihar dengan mengacungkang salam dua jari, yang menjadi salam bagi pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus. Sihar Sitorus mengutarakan menjadi juri dalam casting untuk pe meran Nagabonar Reborn adalah pengalaman pertamanya, dan menurutnya cukup menantang baginya, apalagi menjadi juri dalam ilm yang sangat melegenda dalam perilman Indonesia. “Film Nagabonar pertama kali saya tonton tahun 85 an. Film ini sangat nge­hit. Jadi pembicaraan banyak anak muda. Jadi icon ilm Indonesia. Cukup menantang saya kira jadi juri casting tadi. Ini yang pertama kali,” ujar Sihar Sitorus. Selama mennjadi juri casting, Sihar mengutarakan potensi yang dimiliki warga Sumatera Utara begitu luar biasa, terutama soal keberanianya.

“Tadi mereka pada berani­berani semua. Sangat menginspirasi saya kira. Melihat mereka tampil tadi menambah semangat saya untuk tampil dalam debat kandidat nanti,” ujarnya. Sihar Sitorus pun mengajak segenap masyarakat Sumatera Utara menonton mereka dalam debat kandidat yang digelar secara live dari Metro TV. “Nah teman­teman nanti jangan lupa juga menonton penampilan saya sama pak Djarot dalam debat kandidat yah. Ganti Chanel TV nya ke Metro TV,” ujarnya. Sihar Sitorus mengutarakan de­ ngan populernya film Nagabonar kiranya para talent dari Sumatera Utara bisa memajukan dunia perilman di Sumatera Utara, dan juga bisa mempromosikan potensi pariwisata Sumatera Utara. “Nagabonar kan sudah terkenal. Ngomong nagabonar, teringat langsung Sumatera Utara. Sudah begitu melekatnya nama Nagabonar dengan Sumatera Utara. Jadi siapapun yang terpilih nanti berjuanglah, demi Sumatera Utara,” ujarnya. (isvan-rel)


sabtu 12 mei 2018

13

SEREMONI

Kemenpar Gencarkan Promosi Wisata pada Tahun Politik Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Pariwisata (Kemen par) menggencarkan promosi pari wisata di negara-negara pasar potensial meski Indonesia memasuki tahun politik. Deputi Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya kepada Forum Wartawan Pariwisata (forwapar) di Hotel Rales, Jakarta, Jumat (11/5), menegaskan pihaknya percaya masyarakat Indonesia semakin dewasa dalam kehidupan berdemokrasi. “Sudah terbukti, pemilu kita berjalan dengan damai sehingga hal itu tidak akan mengganggu kinerja sektor pariwisata kita,” kata Nia Niscaya. Pihaknya akan tetap meng gen carkan kegiatan promosi pariwisata di wilayah potensial wisatawan mancanegara (wisman).

Kegiatan yang dilakukan tersebut mencakup pengiriman misi penjualan, melak sanakan dan atau mengikuti festival, pameran, wisata pengenalan (famtrip), dan kerja sama terpadu. Kegiatan misi penjualan dilakukan dengan menjual paket wisata langsung kepada masyarakat umum. Sedangkan pameran dilakukan dengan sasaran masyarakat umum (B to C), ada yang sasaran B to B, selain itu juga event promosi pariwisata minat khusus dan MICE. Adapun program Famtrip, yaitu mendatangkan dari luar negeri para agen travel maupun media dengan mengunjungi berbagai destinasi pariwisata Indonesia. “Ada beberapa negara yang potensial wisman bagi pasar pariwisata Indonesia, antara lain Tiongkok, India, Jepang, Amerika, dan negara-negara

di Eropa. Hal ini dipengaruhi oleh kedekatan budaya serta daya tarik alam yang diminati wisatawan,” katanya. Nia menjelaskan, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada 2017 secara kumulatif mencapai 14,04 juta wisman atau tumbuh 21,84 persen dari tahun sebelumnya. Sementara, untuk jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Maret 2018 naik menjadi 1,36 juta atau sebesar 28,76 persen dibandingkan dengan periode yang sama di 2017 yakni sebanyak 1,06 juta wisman. Nia menjelaskan, target kunjungan wisman tahun 2018 yakni 17 juta. Berdasarkan data, kunjungan wisman ke Indonesia terbanyak berasal dari China. Urutan selanjutnya ditempati Singapura, Malaysia, India, Jepang, dan lain-lain. (rep-van)

Relawan Hati Emas Bersihkan Pekuburan Halat Medan | Jurnal Asia Ratusan kader partai pengusung dan relawan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) yang tergabung dalam komunitas Satu Hati melakukan bakti sosial (Baksos) di Taman Pemakaman Umum (TPU) Jalan Halat Medan, Kamis (10/5), sebagai wujud atau bentuk perhatian dan kepedulian para sukarelawan dan pendukung ERAMAS dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Koordinator Satu Hati, Sartjipto King mengatakan, kegiatan baksos ini merupakan salah satu bentuk ke pedulian partai pengusung dan relawan Eramas kepada masyarakat, terutama warga Muslim dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. “Baksos ini juga merupakan cerminan Eramas yang peduli dan ingin selalu dekat di hati masyarakat,” kata Sartjipto King akrab disapa Aking. Kata dia, beberapa kegiatan yang sudah diprogramkan antara lain buka puasa bersama dengan kaum dhuafa dan tukang beca selama bulan Ramadhan. “Saat ini kita terus menyusun beberapa program untuk kegiatan sosial selama di bulan suci nanti,” papar Aking. Sementara itu, Ketua PAC Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kecamatan Medan Area, Wendy M Tanjung mengatakan, melalui kegiatan baksos ini pihaknya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa Eramas merupakan pasangan yang peduli dengan kebutuhan masyarakat. Meski hujan sempat mengguyur tak membuat mereka patah semangat. Ratusan kader partai pengusung seperti Golkar, Hanura, PAN, PKS, Nasdem dan Gerindra serta relawan dari OKP seperti Pemuda Pancasila, FKPPI, AMPI, termasuk relawan Tionghoa yang tergabung dalam Hati Emas melakukan aksi bersih-bersih makam. Tokoh PDIP Dampingi Ijeck Tak lama kemudian, Calon Wakil Gubernur H Musa Rajekshah didampingi Tokoh Partai Demokrasi Indonesia

Jurnal Asia | Ist Calon Wakil Gubernur Musa Rajeckshah (Ijeck) melakukan ziarah ke makam keluarga istrinya di Taman Pemakaman Umum (TPU) Jalan Halat Medan, Kamis (10/5). Perjuangan (PDIP) Langkat, Sempurna Tarigan datang menziarahi makam keluarga istrinya. Selain Sempurna Tarigan, berbagai tokoh etnis Tionghoa juga ikut hadir. Di antaranya Ketua Satu Hati, Tjong Poh Bun dan Ahai. Sempurna Tarigan mengatakan, kehadirannya untuk memberikan dukungan atas sikap Ijeck yang tidak pernah melupakan leluhur. Inisiatif menziarahi makam kakek buyut istrinya menunjukkan, meski sudah sukses dan termasuk generasi milenial, tapi tokoh muda ini tak pernah melupakan sejarah. “Masih banyak putra daerah Sumatera Utara yang pintar, jujur dan memiliki jiwa kepemimpinan. Mereka harus diberi kesempatan untuk memimpin Sumut. Provinsi ini harus dinakhodai oleh putra daerah,” kata Sempurna Tarigan. Sempurna mengaku, sudah lama mengenal Djarot Syaiful Hidayat, bahkan sudah sangat akrab. “Istilahnya saya sudah pernah satu bantal dengan Djarot. Tapi dalam konteks Pilkada Sumut ini, bukan persoalan sahabat. Tapi persoalan nasib Sumut ke depan. Saya menilai pasangan Eramas lebih mampu untuk memimpin Sumut,” ujarnya. Sebagai putra daerah, Sempurna melihat, Eramas lebih memiliki kepedulian atas nasib Sumatera Utara. Meski baru tiga bulan mengenal Edy

Rahmayadi, tapi Sempurna melihat mantan Pangdam I/BB itu mampu merangkul dan menyatukan seluruh etnis, agama maupun kelompok masyarakat Sumut. “Ini bisa menjadi modal utama dalam membangun Sumatera Utara,” ujarnya. Sedangkan Ijeck, menurut Sempurna, tokoh muda yang santun dan memiliki visi yang jelas dalam membangun generasi muda. Berbagai kegaitannya di cabang olahraga otomotif, jadi bukti kalau Ijeck ingin berbuat yang terbaik untuk Sumatera Utara. Sementara itu tokoh Tionghoa, Ahai mengatakan membaurnya kelompok etnis dalam ziarah kali ini menunjukkan Eramas mampu merangkul semua golongan. “Ini merupakan sejarah. Hampir semua etnis bersedia mendampingi Pak Ijeck melakukan ziarah ke makam keluarga istrinya. Ini jadi bukti, bahwa Eramas diterima semua golongan di Sumatera Utara,” kata Ahai. Acara ziarah ke makam keluarga istri Ijeck berlangsung khidmat. Acara doa dipimpin oleh Al Ustadz Prabu Kresno RD. Setelah berdoa, Ijeck kemudian pamit kepada kader partai pengusung dan relawan Eramas yang tergabung dalam Satu Hati. “Salut atas kegiatan relawan Eramas yang tergabung dalam Satu Hati yang berinisiatif sendiri untuk melakukan Baksos,” katanya. (isvan-rel)

Pemerintah Klaim Surplus Daging Jakarta | Jurnal Asia Pemerintah mengklaim daging sapi dan kerbau saat puasa dan Lebaran, yaitu pada Mei-Juni bakal surplus. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian, Ketut Diarmita menjelaskan kebutuhan daging pada bulan tersebut diperkirakan 116.339 ton. Sebanyak 75.403 ton akan dipenuhi dari daging lokal, sedangkan 40.936 ton sisanya dari daging impor. Impor daging sapi dari Australia dan Selandia Baru, sedangkan daging kerbau dari India “Pemenuhan deisit berasal dari stok impor per tgl 3 Mei 2018, sapi siap potong di feedloter 165.228 ekor setara 31.393 ton, kerbau siap potong di feedloter 497 ekor setara 98 ton, daging sapi di gudang importir 12.531 ton dan daging kerbau di gudang Bulog

3.948 ton,” ujar Ketut kepada detikFinance, Jumat (11/5). Menurut Ketut, dari kalkulasi tersebut akan terdapat surplus daging 7.043 ton. Angka itu diperoleh dari selisih antara jumlah daging impor yang akan masuk Indonesia 47.970 ton, dengan kebutuhan daging impor 40.936 ton. “Surplus 7.034 ton,” jelasnya. Ketut menambahkan pada Maret 2018 terdapat perbedaan angka karena pihaknya mengklaim terdapat surplus daging hingga 11 ribu ton. Ini karena adanya perubahan setiap harinya. “Data kan terus bergerak. Datanya kan selalu berubah sesuai stok sapi siap potong yang ada di feedloter dan gudang importir atau Bulog. Data kemarin adalah update terbaru per tgl 3 Mei 2018,” pungkasnya. (dc-van)

KATA PERENUNGAN The blight of a woman is misconduct. The blight of a giver is meanness. Bad mental states are indeed blights in this world and the next : Perangai buruk adalah noda bagi wanita. Kekikiran adalah noda bagi dermawan. Segala jenis kejahatan adalah noda dalam dunia sekarang maupun mendatang. MALA VAGGA XVIII : 242

對人要包容, 對事要善解, 對自己要知足, 對人事物要感恩。 Kita harus toleran terhadap setiap orang, berpengertian terhadap segala masalah, tahu berpuas diri dan mensyukuri segalanya.

- Kata Perenungan Master Cheng Yen -

~ 摘錄自證嚴上人靜思語 ~


14

sabtu 12 mei 2018

OTOMOTIF

Gara-gara Airbag, 24 Ribu Mobil Toyota Recall Termasuk Innova Kalau punya Toyota Alphard, Corolla Altis, Fortuner, Innova atau Hilux lansiran Mei 2015-Januari 2016 sebaiknya segera menghubungi bengkel servis resmi Toyota. Pasalnya, sebanyak 24.662 unit dari modelmodel itu, disinyalir punya masalah sensor airbag. Pengumuman resmi diberikan oleh Toyota Astra Motor untuk memeriksa produkproduk itu sebagai bagian program Special Service Campaign (SSC). Program SSC

menindaklanjuti pengumuman global Toyota Motor Corporation (TMC) yang juga memanggil model-model dengan kemungkinan bermasalah sensor airbag-nya. Henry Tanoto selaku Vice President Director

Toyota Astra Motor menyebutkan, pihaknya mengutamakan pelayanan menyeluruh yang baik bagi pelanggan. Salah satunya terus meningkatkan kualitas layanan purnajual kendaraan Toyota. “SSC hadir untuk memberikan layanan yang cepat

dan efektif kepada para pelanggan Toyota. SSC kami hadirkan sebagai bagian dari upaya mewujudkan semangat peace of mind bagi pelanggan,” kata Henry dalam siaran rilis yang diedarkan kemarin. Untuk keberlangsungan SSC yang lebih baik, pemilik kendaraan Toyota juga dikirimi surat resmi sebagai undangan ke bengkel terdekat. Jika ditemui indikasi yang tidak biasa pada airbag maupun perangkat terkait lain, Toyota sangat menyarankan untuk segera mengunjungi bengkel untuk ditindaki. Karena bagian program resmi, tentu penanganan tidak dikenai biaya, selama yang bermasalah masih termasuk dari program. Selain dari sensor, TAM sebelumnya sudah menjalankan program mirip, namun masalahnya pada airbag inlator. Program recall airbag inlator sudah berjalan sejak 2015 dan sampai saat ini masih terus dilakukan pemanggilan bagi yang belum datang ke bengkel resmi. Total, 117.117 unit sudah ditangani, lebih banyak dari data yang dikumpulkan sebelumnya, 97.980 unit.

Jumlah itu terbagi atas Alphard produksi tahun 2010—2014, NAV1 produksi 2012—2013, Camry produksi 2002—2004, Corolla produksi 2001— 2013, Vios produksi 2006—2013, dan Yaris produksi 2006—2013. Sedang sampai akhir April 2018 sebanyak 14.918 unit sudah diperbaiki inlator airbag-nya di bengkel resmi Toyota. Seperti sudah disebut, pemeriksaan dan penggantian komponen terkait airbag, tidak dipungut biaya karena sudah jadi komitmen Toyota untuk memberikan Beyond Service dan wujud tanggung jawab untuk menjamin keselamatan pelanggan. Makanya TAM mengharapkan dukungan dan kerjasama dari pelanggan sehingga program bisa berjalan dengan baik. Waktu penggantian komponen ini membutuhkan tempo kurang lebih 3 jam. Sila menghubungi Toyota Customer Care di nomor telpon 1-500315 atau akses situs www.toyota. astra.co.id/ssc dan masukkan nomor rangka mobil. (lp6/hut)

Bagi Pelumas

Produsen dan Importir Kompak Tolak Sertifikasi SNI Pelumas atau oli mesin yang beredar di tanah air direncanakan harus lolos uji SNI (Standar Nasional Indonesia). Hal tersebut dicanangkan oleh Kementerian Perindustrian (Kmenperin) dan telah diajukan ke World Trade Organization (WTO). Namun, wacana pemberlakuan SNI Wajib bagi oli mesin ini, ditolak dengan keras oleh Perhimpunan Distributor Importir dan Produsen Pelumas Indonesia (PERDIPPI). Dijelaskan Paul Toar, Ketua Umum PERDIPPI, jika berdasarkan undang-undang (UU) Migas Nomor 22, Keppres 21, tahun 2001, Keputusan Bersama Tiga Menteri (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Keuangan, serta Menteri Perindustrian dan Perdagangan), wewenang pengaturan soal mutu turunan minyak bumi serta bahan bakar minyak dan pelumas berada di bawah Kementerian ESDM. “Kepentingan konsumen adalah bagaimana mendapatkan pelumas yang tepat sesuai kebutuhan. Selain itu, mendapatkan harga yang wajar dan mudah memperolehnya kapanpun diperlukan,” jelas Paul Toar, saat berbincang dengan wartawan Liputan6.com di bilangan SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (11/5). Lanjut Paul, saat ini sesuai dengan kewenangan standar dan mutu pelumas dari Kementerian ESDM, telah memberlakukan regulasi NPT ( Nomor Pelumas Terdaftar). “Untuk mendapatkan NPT ini, setiap pelumas juga diwajibkan uji laboratorium terhadap parameter isika kimia pelumas. Uji ini mengacu pada standar internasional atau standar SNI bagi pelumas yang sudah ada SNInya,” tambahnya. Untuk saat ini, NPT juga sudah mengikuti standar pelumas international, seperti API, JASO atau JLSAC. Nantinya, standar ini juga yang bakal diterapkan di SNI Wajib Pelumas. Untuk diketahui, sejak NPT diberlakukan sejak 20 tahun ini, perkembangan pasar pelumas bertumbuh dengan pesat. Jumlah investor atau pemain pelumas terus bertambah, dan hal ini membuktikan bahwa bisnis pelumas ini berjalan dengan sehat. Ia pun mengungkapkan bahwa masih ada konsumen yang mengeluhkan kualitas pelumas yang beredar di tanah air, meskipun jumlahnya sedikit. (oc/hut)

SUV Termewah di Dunia

Rolls-Royce Cullinan Akhirnya Meluncur Tiga tahun setelah Rolls-Royce mengumumkan SUV pertama mereka, realitanya terjawab kemarin (10/5). Rolls-Royce Cullinan resmi meluncur menyandang gelar sebagai SUV termewah di dunia. Sesuai namanya, Cullinan, terinspirasi dari potongan berlian terbesar yang pernah ditemukan di planet ini. Rolls-Royce lebih mendeskripsikan sebagai mobil mewah berbodi tinggi untuk segala permukaan jalan. Tidak serta merta menyebutnya sebagai SUV, karena memang bukan keahlian pabrikan Britania Raya ini. Kemewahannya tetap berpatokan pada model RR lain seperti Phantom dan Ghost. Targetnya tentu saja konsumen kaya raya yang mencari kendaraan berutilitas tinggi, sekaligus kencang, praktis dan ultramewah. Tepatnya ingin menarik minat pribadi muda, yang sangat sukses dan masuk dalam strata ekonomi tertinggi. Desain Cullinan tipikal SUV pada umumnya, namun tidak bagi Rolls-Royce. Inilah RR pertama dengan buritan model hatch dan diberi nama Clasp.

Di dalamnya, bukan semata bagasi, melainkan bisa menjadi ruang tambahan untuk penumpang. Dengan kata lain, Rolls-Royce Cullinan punya kursi baris ketiga yang dapat terlipat secara elektrik. Saat kursi terbuka, masih tersedia ruang kargo 560 liter. Bila dilipat, meningkat jadi 1.930 liter. Tempat terbaik tentu saja kursi baris kedua. Bak singgasana raja, ditawarkan dalam dua konigurasi berbeda. Layout Lounge Seat memberi ruang untuk penumpang ketiga dengan menyisakan satu kursi yang dapat terlipat bila tidak dibutuhkan. Konigurasi Individual Seat lebih menawarkan kemewahan personal dengan dua kursi terpisah. Ditengahi konsol besar yang terdapat cabinet untuk menaruh gelas, botol whisky serta kulkas. Jok pengemudinya juga luar biasa mewah, meski lebih diperuntukkan untuk chaufeur Anda. Ada itur pemanas dan ventilasi untuk memastikan pengemudi duduk dalam kondisi paling sempurna. Layout dasbor sesuai karakter RR dengan banyak pilihan kustomisasi. Yang pasti terlihat tinggi dalam bidang besar,

sangat mencirikan sebuah SUV. Di tengahnya terdapat monitor layar sentuh dan panel instrumen digital generasi terbaru. Sistem hiburan dapat diatur melalui kenop putar yang dikenal sebagai Spirit of Ecstasy. Cullinan juga dianggap sebagai SUV paling mutakhir di kelasnya. Perlengkapan standar termasuk sistem night vision, empat kamera untuk menghasilkan pandangan panoramic, visibilitas segala penjuru dan helicopter view. Termasuk juga collision warning, cross-traic warning, lane departure dan lane change warning, WiFi hotspot dan masih banyak yang lain. Tersedia 5 USB port untuk mengisi daya gadget, sedangkan untuk smartphone bisa melalui metode pengecasan nirkabel di kabin depan. SUV pertama Rolls-Royce berbasiskan platform baru yang disebut Architecture of Luxury, yang juga dipakai oleh Phantom generasi terbaru. Rancangan konstruksi suspensi dan mesin punya satu tujuan, menciptakan kualitas berkendara seperti karpet terbang di segala permukaan jalan. (lp6/hut)


SABTU 12 MEI 2018

15

RAGAM

Jawa Timur dan Sumatera Utara Miliki Kesamaan Surabaya | Jurnal Asia Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu membawa sebanyak 40 wartawan Unit Pemprovsu untuk melakukan studi pengayaan wawasan ke kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), Surabaya, Selasa (8/5). Kunjungan ini bertujuan menjaga hubungan kemitraan dengan media massa, sekaligus untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan wartawan. Hadir dalam kesempatan itu, Kabag Pelayanan Media dan Informasi Humas Setda Provsu Harvina Zuhra STP MSi, Kasubag Pemberitaan Jasniati SPd, Kasubag Hubungan Antar Lembaga Salman SSos MAP dan Ketua Kordinator Wartawan Unit Pemprovsu Khairul Muslim. Kunjungan tersebut langsung diterima Kabag Media Pemprov Jatim Arif Lukman Hakim dan Kabag Pengumpulan dan Penyaringan Informasi Deasy Diah Ernani dan Ketua Pokja Pemprov Jatim Fikih serta pengurus Pokja Pemprov Jatim. Lebih lanjut dikatakannya, dengan kegiatan ini diharapkan wartawan dapat meningkatkan wawasannya, mengingat wartawan merupakan ujung tombak untuk memberikan informasi yang positif kepada publik. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan yang baik kepada awak media yang bertugas sehari-hari di kantor Gubsu,” ujar Harvina. Dikatakan Harvina, pihaknya memilih berkunjung ke Jawa Timur karena memiliki kemiripan dengan Sumut. Dimana Sumut merupakan daerah terbesar ketiga di Indonesia,

sedangkan Jatim daerah terbesar kedua di Indonesia. “Sumut merupakan pintu gerbang Indonesia sebelah barat yakni dari bandara Kualanamu serta dari pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung. Sedangkan Jatim juga sebagai pintu gerbang di wilayah Jawa Timur,” papar Harvina, sembari menyebutkan pihaknya juga akan melakukan penggalian informasi lainnya, seperti perkembangan pariwisata Jatim, pembangunan jembatan Suramadu dan dampaknya terhadap perkembangan wilayah dan lainnya. Kabag Media Pemprov Jatim, Arif Lukman Hakim mengatakan, pihaknya selalu mengikutsertakan pers dalam segala hal termasuk dalam pengambilan kebijakan hingga implementasi kebijakan tersebut. Dikatakannya, Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo SH MHum senantiasa terbuka kepada media dan selalu bersedia untuk diwawancarai dan doorstop, serta diskusi lainnya dengan wartawan. Pelibatan media dalam kebijakan pemerintah ini, secara langsung dilakukan dalam Sistem Monitoring Media (Simoned) yang sudah dibangun. Sistem tersebut dapat diakses secara online melalui www. humasjatim.com. Dimana pengelola situs ini adalah Pejabat Pengelola Informasi (PPI) dan laporan dari monitoring media ini disediakan untuk Gubernur, Wakil Gubernur serta Sekda. Dari sistem ini, hasil monitoring dari media dapat langsung disampaikan kepada pemangku kebijakan di

Pemprov Jatim. “Kami juga rutin mengirimkan rilis berita. Paling sedikit dalam sehari itu ada sekitar 5 berita yang kita kirimkan. Kami juga melakukan kerjasama

Balai Persemayaman ANGSAPURA | Jl. Waja No. 2-4, Medan | Telp. 7345503-7364202 Tutup Jenis Usia Kelamin

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

Lk

11 Mei

13 Mei

14.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Pukat Banting I Gg. Kucen no. 2A - Medan

33

Pr

9 Mei

12 Mei

13.00

Diperabukan Marga Ong

Gg. Sari No. 09 Kedai Durian

VIP C - D

SIM SEK WIE

50

Lk

10 Mei

13 Mei

14.00

Dikebumikan Asp. Sibiru-biru

Jl. B. Hamid No. 14 A Medan

VIP G

YANG MEI FONG

85

Pr

9 Mei

13 Mei

11.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. DR. FL. Tobing No. 15 D Medan

VIP H

TJENG DJIE MOY

84

Pr

9 Mei

13 Mei

11.00

Dikebumikan Asp. Sibiru-biru

Jl. Pukat Banting V No. 6 B Medan

Nama

5

LIM A TJUN

66

6

TJIO NI NI

BLOK 1, 2, 3, 4, 7, 8, 9, 3A, VIP A, B, E, F, J, K, L KOSONG

Rumah Duka MEDAN MURNI | Jl. Williem Iskandar No. 321, Medan | Telp. 6621388 Blok

Nama

JASMINE A

LIM MIN GUAN

Tutup Jenis Usia Kelamin 51

Lk

membawa wartawan berkunjung ke daerah lain, termasuk daerah yang memiliki Kantor Perwakilan Dagang (KPD) Jawa Timur di beberapa daerah di Indonesia. (put)

Jurnal Asia | ist Kabag Pelayanan Media dan Informasi Humas Setda Provsu Harvina Zuhra STP MSi, saat memberikan keterangan di Pemprov Jatim, kemarin.

Info Duka Cita Kota Medan Blok

operasional media berbentuk pariwara dengan tujuan agar media mainstream tetap eksis sebagai penyeimbang media sosial,” terang Arif, sembari menambahkan pihaknya juga

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

10 Mei

13 Mei

11.00

Dikebumikan Sibiru-Biru

Jl. Mandala Gg. Orba

TULIP A, B, C, D; LAVENDER A, B, C; JASMINE B, C, D; ANGGREK A, B, C KOSONG

Harga Iklan Untuk Berita Duka Cita, Turut Berduka Cita dan Ucapan Selamat (Hitam Putih):

Ukuran : 1 halaman Rp. 2.592.000 | 1/2 halaman Rp. 1.296.000 | 1/4 halaman Rp. 648.000 | 1/8 halaman Rp. 324.000 Informasi pemesanan iklan dan penawaran khusus selama masa promosi, silahkan hubungi Ichandra: 0811 6398 989

Dinas Pariwisata Kota Solok Gelar Lomba Basikakeh Rodabasi Solok | Jurnal Asia Dalam rangka lebih mengenalkan kawasan agrowisata dan keindahan hamparan sawah solok pada wisatawan baik lokal maupun wisatawan luar daerah Kota Solok, Pemerintah Daerah Kota Solok melalui Dinas Pariwisata menggelar ‘basikakeh rodabasi”,acara unik ini akan berlangsung, Kamis (10/5). Dalam keterangan pers Humas Kota Solok menyampaikan, “Basikakeh rodabasi” merupakan lomba masin bajak yaitu sinka dan kura-kura dan permainan anak nagari yaitu lomba pacu upiah dan pacu belut. Adapun kegiatan ini bertepatan dengan awal musim menanam padi selain itu juga bertujuan memperkenalkan kawasan agrowisata dan keindahan hamparan sawah Solok, meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Solok dan

melestarikan tradisi, budaya dan seni serta permainan anak nagari. Oleh karenanya diadakan di saat liburan. Tepatnya Kamis 10 Mei 2018 yang dimulai pukul 09.00 WIB di lokasi Hamparan sawah Solok yang saat ini mulai menjadi ikon Kota Solok. Bentuk kegiatan lomba mesin bajak, sinka, mesin bajak kurakura, lomba pacu upiah, pacu belut, penampilan silek tuo dalam sawah, batuang gilo, serta pameran pelaku ekonomi kreatif. Untuk peserta lomba membajak berasal dari perwakilan dari kelompok tani kabupaten dan Kota Solok, lomba pacu upiah pesertanya anak-anak usia maks 13 tahun utusan kelurahan se Kota Solok 1 tim terdiri dari 2 orang pria wanita atau campuran. Pacu belut pesertanya dari kaum perempuan usia 30 s/d 50 tahun dan 2 orang mewakili 1 kelurahan. (eli/nas)


16

Sabtu 12 Mei 2018

SOROT

Akhir Krisis Mako Brimob Sudah kondusif. Begitu gambaran suasana di kompleks markas komando satuan elite Polri, Korps Brigade Mobil atau Brimob di Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, sejak Kamis pagi, 10 Mei 2018. Butuh 36 jam bagi polisi untuk mampu menguasai situasi pasca insiden kerusuhan dan drama penyanderaan atas seorang anggota Polri oleh narapidana kasus terorisme yang ditahan di rumah tahanan Salemba cabang Depok, atau Rutan Mako Brimob. Blok-blok rumah tahanan di sana, yang sebelumnya dikuasai narapidana kasus terorisme, Kamis kemarin sudah berhasil diambil alih aparat. Sebanyak 155 napi teroris yang awalnya terlibat bentrok dengan aparat, bersedia menyerah tanpa syarat. Sandera atas nama Bripka Iwan Sarjana juga berhasil dibebaskan dalam kondisi selamat. Polisi mengklaim operasi penanggulangan kerusuhan narapidana kasus terorisme di Mako Brimob ini berjalan sangat kondusif dengan pendekatan persuasif (soft approach), tidak korban jiwa maupun luka. Polisi masuk ke dalam sel tahanan napi teroris dan melakukan sterilisasi. Operasi ini berakhir pukul 07.15 WIB, tepat 36 jam sejak peristiwa kerusuhan pertama kali terjadi pada Selasa malam, 8 Mei 2018, pukul 19.30 WIB. Mabes Polri meluruskan pemberitaan sebelumnya yang menyebut ada upaya negosiasi aparat dengan napi teroris yang menguasai Rutan Mako Brimob. “Jadi, ini (operasi) penanggulanan. Semua kata-kata negosiasi dihapus, saya koreksi: Tidak ada negosiasi, semua ini penanggulangan,” kata Wakapolri Komjen Pol Syafruddin saat konferensi pers di Media Center Mako Brimob, Depok, Kamis, 10 Mei 2018.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Hukum, Politik dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto menegaskan 155 napi teroris itu semuanya menyerah tanpa syarat, dengan menyerahkan senjata yang melekat pada diri masing-masing. Wiranto menyebut strategi yang dilakukan aparat adalah memberikan ultimatum kepada napi teroris agar menyerah pada batas waktu tertentu, dan bukan negosiasi. Batas waktu yang ditentukan adalah waktu fajar di hari Kamis, 10 Mei 2018. Jika tak dijawab, serbuan akan dilakukan. “Mereka sebelum fajar, menyerah tanpa syarat. Kita minta, satu per satu mereka keluar dari lokasi mereka,” kata Wiranto di Mako Brimob Kelapa Dua, Kamis, 10 Mei 2018. Sebanyak 145 narapidana keluar satu per satu terlebih dahulu. Mereka menyerah tanpa syarat, sekaligus meninggalkan seluruh senjata. Tersisa 10 napi teroris yang belum menyerahkan diri. Polisi melakukan serbuan, memberikan tembakan peringatan dan gas air mata. “Tadi, kita dengar ledakan, tembakan, bom, gas air mata, itu dengan cara-cara yang sudah direncanakan. Ternyata, 10 sisa napi menyerah. Jadi, lengkap 155 tahanan teroris telah menyerah kepada aparat kepolisian,” lanjutnya. Dengan demikian, Mabes Polri memastikan operasi penanggulangan kerusuhan dan penyanderaan di rutan Mako Brimob, sudah selesai. Wakapolri memimpin apel anggota tim yang terlibat operasi, dan Mako Brimob dinyatakan kondusif, aman terkendali. “Atas nama pimpinan Polri, atas nama rakyat Indonesia, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang mengalir sejak kejadian Selasa sore sampai hari ini masih mengalir dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, dari media, baik secara langsung dan tidak langsung, saya ucapkan teruma kasih

atas dukungannya,” terang Wakapolri usai memimpin apel. Insiden kerusuhan ini menewaskan 5 anggota Polri dan 1 orang napi. Empat anggota mengalami luka-luka, dan tengah menjalani perawatan di RS Polri Kramat Jati. Lima korban tewas dari anggota Polri mengalami luka mengenaskan bacokan di leher dan tembakan di bagian kepala. “Semoga menjadi pelajaran seluruh anak bangsa untuk memandang sesuatu yang objektif. Polri sudah cukup sabar, ikhlas, walaupun 9 anggota korban, 5 gugur, 4 masih luka,” paparnya. Bom Rakitan dan Senjata Tak dipungkiri, proses sterilisasi yang dilakukan tim berjalan cukup menegangkan. Pasalnya, beberapa kali suara ledakan sempat terdengar keras di area Mako Brimob. Polri memastikan ledakan itu bukan imbas dari kontak senjata antara aparat dengan kelompok teroris. Ledakan itu berasal dari ledakan (bricing) tembok sel yang patut diduga tempat para napi teroris ini menyimpan bom-bom rakitan. Karena alasan keamanan, tim sterilisasi yang dipimpin Kepala Korps Brimob Irjen Pol Rudy Sufahriadi, meledakan semua bom-bom rakitan di dalam rutan. “Ternyata selama 40 jam mereka (napi teroris) melakukan penyanderaan dan mereka juga melakukan kegiatankegiatan perakitan bom dan sebagainya. Dan yang diledakan itu tadi adalah hasil-hasil bom yang sudah dirakit,” kata Wakapolri Komjen Pol Syafruddin di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Kamis, 10 Mei 2018. Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Rudy Sufahriadi menambahkan, bom-bom rakitan itu ditemukan di sel napi teroris itu merupakan barang bukti kasus terorisme yang belum sempat digudangkan oleh penyidik Densus 88. “Itu yang mereka ambil alih, mereka rebut lagi. Itulah yang dijadikan bahan

Antara | Indrianto Eko Suwarso

KARANGAN BUNGA SIMPATI POLRI. Pekerja mengangkut karangan bunga pasca insiden kerusuhan antara petugas kepolisian dan narapidana teroris di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5). Karangan bunga duka cita itu dikirim sebagai bentuk belasungkawa atas gugurnya lima anggota Densus 88 pada insiden tersebut. bom buat ranjau nanti di sini. Dan sudah kita ledakkan semua,” ujar Rudi di Mako Brimob. Mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini tak bersedia menjelaskan berapa jumlah bom yang berhasil dirakit para napi teroris di dalam tahanan. “Ada cukup banyak, kedengaran tadi ada ledakan yang cukup banyak. Saya enggak sebut ada berapa, tapi tadi terdengar cukup banyak,” tegasnya. Selain temuan bom rakitan di dalam sel tahanan, yang tak kalah mengejutkan adalah keberadaan senjata tajam, yang digunakan napi teroris untuk membunuh lima anggota Polri. Entah darimana mereka mendapatkan senjata tajam masuk ke dalam sel tahanan di komplek pasukan elite Polri itu. “Nah, saya belum tanya juga, itu yang jadi pertanyaan saya juga,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto di Mako Brimob, Rabu malam, 9 Mei 2018. Setyo menduga senjata tajam itu sudah disiapkan sebelum kerusuhan.

Namun, ia belum dapat memastikan asal senjata tajam tersebut. “Katanya begitu (sudah disiapkan sejak awal kerusuhan), di dalam mungkin sudah disiapin,” ujar Setyo. Sedangkan untuk senjata api di dalam rutan, para napi teroris ini merebut senjata yang menjadi barang bukti dari kelompok teroris yang berhasil diamankan polisi dalam operasi antiteror di beberapa daerah. Barang bukti itu belum sempat digudangkan oleh penyidik Densus 88. Setidaknya ada 30 pucuk senjata yang diamankan, disamping senjata yang dirampas dari anggota Polri yang tewas. Menko Polhukam Wiranto menyebut senjata-senjata ini seluruhnya diserahkan napi teroris saat menyerahkan diri pada Kamis pagi. “Mereka keluar tanpa syarat dan senjata diserahkan kurang kebih 30 pucuk. Itu senjata hasil sitaan dari aparat kepolisian melawan terorisme,” ujar Wiranto. (vn)

Kapolri: Rutan Mako Brimob Over Kapasitas Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang baru kembali dari Yordania, langsung mengunjungi Mako Brimob pada Kamis petang, 10 Mei 2018, untuk melihat langsung kondisi terkini Rutan Brimob pasca

insiden kerusuhan dan penyanderaan. Dalam pernyataannya, Jenderal Tito mengakui Rutan Brimob ini tidak layak menjadi rutan teroris. “Kenapa? Ini (Rutan Brimob) bukan maximum security,” ujar Jenderal Tito

Antara | Indrianto Eko Suwarso

KAPOLRI TINJAU MAKO BRIMOB. Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (tengah) memberi keterangan pada wartawan usai meninjau rutan cabang Salemba, Mako Brimob Kelapa Dua pasca kerusuhan di Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5). Kapolri meninjau Mako Brimob pasca insiden antara narapidana teroris dengan petugas yang mengakibatkan lima anggota Polri dan seroang teroris meninggal dunia.

di Mako Brimob. Ia mengatakan rutan ini dulunya digunakan untuk polisi, jaksa dan penegak hukum lain yang terlibat pidana. Mereka yang biasa menangkap pelaku kejahatan, manakala terlibat pidana, ditempatkan di rutan khusus, agar tidak menjadi korban tahanan umum lainnya. Kemudian, rutan ini berada di komplek Mako Brimob, pertimbangannya adalah tempat yang aman untuk pemeriksaan. Sehingga, apabila penyidik membutuhkan keterangan tersangka bisa langsung dilakukan pemeriksaan, tanpa harus melalui rumitnya perizinan layaknya tahanan di rutan umum lainnya. “Markas brimob ini terkurung memang, rutan ini memang dalam lingkungan markas. Tapi di dalam memang tidak layak. Bukan didesain untuk maksimum security layaknya teroris.,” paparnya. Disamping itu, Tito juga menyoroti kondisi rutan yang sudah over kapasitas. Rutan Brimob ini idealnya dihuni 64 orang, maksimal 90 orang tahanan. Ia pun sempat terkejut ketika ada 155 napi teroris yang ditahan di

rutan ini. “Saya juga baru tahu sampai ada 155 orang. Jadi sangat sumpek sekali,” ujar Tito. Selanjutnya, 155 napi teroris di Mako Brimob ini sudah dipindahkan ke Lapas Nusakambangan. Tito mengatakan, dari 155 napi ini statusnya ada yang sudah divonis, ada yang masih terdakwa, ada yang tahap P21 menunggu penyerahan ke jaksa penuntut umum, dan ada yang baru proses penyidikan karena baru ditangkap. “Jadi totalnya ada 155 tadi. Nah ini semua sudah dipindahkan ke Nusakambangan,” imbuhnya. Terpisah, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami memastikan Lapas Batu Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah, siap menerima narapidana kasus terorisme yang terlibat kerusuhan di Rumah Tahanan Salemba Cabang Depok. Para napi teroris ini dipindahkan, seiring proses sterilisasi dan renovasi rutan yang berada di Mako Brimob itu, pasca insiden kerusuhan yang menewaskan 5 anggota Kepolisian dan penyanderaan seorang anggota Kepolisian.

“Pada intinya, jajaran kami di Nusa Kambangan siap menerima 145 teroris yang dikirim pagi ini,” kata Sri Puguh dalam Breaking News tvOne, Kamis, 10 Mei 2018. Berdasarkan informasi dari Menko Polhukam, 10 tahanan lagi masih ditahan di Mako Brimob. Sri Puguh menyebut data napi teroris yang akan dipindahkan Kamis pagi dari Depok berjumlah 145 orang, bukan 155 orang seperti data jumlah napi teroris yang dirilis Polri. Namun, berdasarkan informasi dari Menko Polhukam Wiranto, 10 tahanan lagi masih ditahan di Mako Brimob. Selanjutnya, para napi teroris ini nantinya akan ditempatkan di Lapas Pasir Putih dan Lapas Batu Nusa Kambangan. Ia menyatakan dua lapas itu masih memiliki cukup kapasitas dengan tingkat pengamanan ‘high risk’. “Yang satu (lapas) ada 96 (sel kosong), satu (lapas) lagi 124. Kalau 145 napi masih sangat layak, bahkan mereka ditempatkan dalam satu sel satu orang,” kata Sri Puguh dalam Breaking News tvOne, Kamis, 10 Mei 2018. (vn)


Sabtu 12 Mei 2018

17

SANTAI

Anak Tiri

ngakak

Cara Membakar Kalori dengan Cepat Suatu hari Jono pergi ke dokter dengan luka bakar di perutnya. Dokter itu tersentak dan bertanya apa yang terjadi. Jono memberi tahu dokter bahwa dia meletakkan korek api di perutnya. Dokter bertanya mengapa dia melakukan itu. Jono berkata, “Saya mencoba membakar kalori.”

Terjebak di Tebing Tinggi Budi, Anto dan Jono terjebak di atas tebing yang sangat tinggi dan tidak memungkinkan bagi mereka untuk bisa turun kembali. Tiba-tiba, seekor burung ajaib terbang ke mereka dan memberi tahu mereka bahwa masingmasing dari mereka dapat melompat dari tebing dan mengucapkan sebuah kata, maka mereka akan menjadi apa yang diucapkan itu sehingga bisa turun ke bawah dengan selamat. Budi pergi lebih dulu. Dia melompat dan berkata “elang!”. Dia berubah menjadi elang dan terbang pergi. Anto melompat dan berkata, “rajawali!” dia berubah menjadi rajawali dan terbang menjauh. Jono mulai berlari, dan saat dia mendekati tepi tebing, kesandung batu dan berteriak, “oh, tai!”

Cerpen: Nanda Dyani Amilla

Aku menatap tudung saji di hadapanku. Hanya ada sepiring nasi dan sepotong telur mata sapi. Tiga kursi yang biasanya penuh terisi, sekarang tidak lagi. Aku mendapati diriku yang semakin kesepian. Di balik tirai kamar Ayana, kudengar suara Ibu tertawatawa. Ia sedang bersenda gurau dengan anak kesayangannya. Sementara aku, dibiarkan melahap nasi seorang diri. Sehabis maghrib, kulihat Ibu membawa makanan banyak sekali. Sepertinya itu ayam goreng yang dibeli Ibu di rumah makan cepat saji tak jauh dari sini. Selain itu, kulihat Ibu juga menenteng dua gelas jus dibalik plastik bening itu. Aku yang membukakan pintu saat itu, langsung tersenyum menyambut kedatangan Ibu. Tapi sayang, Ibu malah menatapku dengan pandangan tak suka. Lantas, pergi masuk ke kamar Ayana. Aku menghela napas, lalu menutup kembali pintu rumah. Aku tidak berani bertanya atau sekadar menawarkan teh untuk Ibu. Semenjak kepergian ayah, Ibu semakin terlihat aslinya. Ia seperti tak lagi menganggapku ada. Bahkan aku seperti kuman yang tak terlihat di matanya. Padahal aku selalu menghormati Ibu, layaknya aku menghormati Ayah. “Wah, ayam goreng. Ibu beli ini semua untuk aku?” kudengar Ayana bersorak riang dari arah kamar. Ruang makan yang tepat berada di depan kamar Ayana, membuat aku bisa mendengar semua percakapan mereka. “Iya, Sayang. Kamu suka? Ayo cepat habiskan. Ini… jus mangga kesukaanmu. Ibu sengaja beli ini buat kamu,” suara Ibu terdengar begitu ramah. “Untuk Luna yang mana, Bu? Biar aku kasihin ke dia,” Ayana bertanya. Barangkali mereka tidak menyadari bahwa aku sedang berada di meja makan ini. Atau mungkin mereka tak peduli, bahwa ada hati yang sedang sakit di sini. “Sssttt.. gak ada jatah dia. Ini semua Ibu belikan cuma untukmu. Ayo, cepat habiskan,” perintah Ibu. Aku tidak mendengar lagi jawaban dari Ayana. Adikku itu memang selalu mengingatku dalam hal

apapun, hanya saja ia tidak pernah berani melawan Ibu. Aku ingin menangis, tapi aku tahu ini sedang di meja makan. Ayah pernah berpesan untuk tidak menangis ketika makanan terhidang di depan mata. Itu sama saja seperti tidak menghargai rezeki dari Tuhan. Tapi sayang, air mataku menetes juga. Cepatcepat aku menyekanya. Dengan hati yang dibesar-besarkan, malam itu aku melahap nasi dengan telur goreng seorang diri. Sementara Ibu dan adikku melahap ayam goreng yang lezat itu. Aku tidak menyangka bahwa kehidupan setelah kepergian ayah akan semenyakitkan ini. Dan aku tidak menyangka, bahwa wanita yang dipilih ayah untuk menjadi ibu keduaku ternyata seperti ini. “Kamu itu kan hanya anak dari perempuan yang dibawa suamiku! Terang saja kamu bukan anakku!” begitu kata Ibu suatu waktu, saat aku meminta uang untuk praktikum di sekolah. Aku diam, tapi dadaku bergemuruh hebat. Tidak, aku tidak boleh menangis di hadapan Ibu. Ibu hanya sedang marah, barangkali karena aku yang selalu merepotkannya. “Kalau mau minta uang, minta sana ke keluargamu!” begitu kata Ibu dengan emosi yang berapi-api. “Dengar, ya, aku tidak pernah setuju suamiku membawamu ke sini. Jadi kalau kau butuh apa-apa, ya kerjakan saja sendiri!” bentak Ibu lagi. Meski begitu, Ibu tetap memberikan uang yang aku minta. Meski tidak dengan nominal yang aku butuhkan, ia tetap memberikan setengahnya. Setengahnya lagi aku usahakan dengan menjual gorengan Mbak Darmi di sekolahan. Hatiku perih. Beginikah rasanya menjadi anak yang lahir dari rahim berbeda? Ayah menikahi Ibu saat aku duduk di kelas 3 SD. Saat itu ayah telah menjadi seorang duda yang ditinggal mati oleh Amak; ibu kandungku. Ayah menikah lagi dengan dalih agar ada yang mengasuhku. Namun ternyata, pernikahan Ayah dan Ibu selalu penuh percekcokan. Sebabnya hanya satu,

kreaSi Puisi - puisi Riduan Hamsyah:

Mengukur Ketinggian Tiang Bendera Jono dan temannya sedang berdiri di bawah tiang bendera, lalu melihat ke atas. Seorang tukang berjalan lewat dan bertanya apa yang mereka lakukan. “Kami harus tahu tinggi tiang bendera ini,” kata Bubba, “tetapi kami tidak memiliki tangga.” Wanita itu mengambil kunci pas dari dompetnya, mengendurkan beberapa baut, dan merebahkan tiangnya ke tanah. Lalu dia mengambil alat pengukur dari sakunya, mengambil ukuran dan berkata, “9 meter 40 centi,” lalu mengembalikan tiang ke posisi semula, dan kemudian berjalan pergi. Jono menggelengkan kepalanya dan tertawa. “Aduh, dia bodoh sekali! Kita ini kan sedang mencoba mencari ketinggian, dan dia malah memberi kita panjangnya!”

Ampu Baru Saja Mati

Darah Angkasa

Inilah yang nyala di langitmu, di celah remang remang sebagian berguguran melesat cahayanya seperti mata panah yang terpental dari busurnya. Di bumi, lampu baru saja mati tetapi ada sebagian yang hidup seperti sebuah sabotase tertutup memilah yang layak diberi terang sebagiannya mungkin juga tumbang. Apapun itu, gelap dan terang adalah dua sisi yang bertetangga sementara diriku cukuplah menjadi remang remang saja seremang cahaya bintang.

Ia ragu, bila jiwaku darah angkasa mungkin karena sesekali aku pernah terbit siang hari. Bicara tentang banyak hal yang gimbal tentang kegelapan yang sulit diutarakan. Maka mesti seperti apa lagi menyebut diri? Sebagai orbit yang merayap membentuk garis-garis zigzag, menemui cakrawala dengan segala sesuatunya mencerup nafas angkasa yang berpendar menyusupi segala yang bisa disusupi. Percayalah, aku ini bintang yang benar benar bintang yang telentang seperti jalan raya, di tubuhku tumbuh banyak tumit juga derap bahkan ada yang berlari kecil kecil. Menggigil.

Baros, Mei 2018

Baros, Mei 2018

Ibu yang keberatan dengan kehadiranku di antara mereka. Sikap Ibu belum sepenuhnya berubah, sampai akhirnya Ayana lahir ke dunia. Dan posisiku sungguh sangat terancam. Ibu selalu membeda-bedakan antara aku dan Ayana. Sejak adik tiriku kecil, hingga dia sebesar ini, Ibu selalu menomorsatukan Ayana. Ayana diberi barang-barang bagus, mainan-mainan lucu, perlengkapan sekolah yang memadai, serta uang jajan yang jumlahnya cukup banyak. Sedangkan aku? Ibu tidak pernah seperti itu. Kurasa, aku ini tidak pernah dianggap ada olehnya. Terlebih ketika diabetes merenggut Ayah dari kami. Rasanya duniaku sudah runtuh saat itu. Aku tidak ingin Ayah pergi. Tapi aku juga tidak bisa melawan takdir Tuhan. Sejak kepergian Ayah, sikap Ibu semakin semena-mena padaku. Aku menghabiskan nasi terakhir yang ada di piringku. Tiba-tiba, aku jadi rindu Amak. Aku juga rindu pada Ayah. Aku rindu saatsaat makan bersama dengan keduanya. Aku pun rindu jadi yang paling disayang. Kini usiaku 17 tahun, dan aku tidak pernah lagi merasakan itu. Meski dengan keadaan seperti ini. Meski dengan pemandangan yang menyakitkan setiap hari, aku selalu bersyukur Ibu masih mengizinkanku tinggal di rumah ini. Meskipun aku tahu bahwa rumah yang kutinggali ini adalah rumah Ayah. Aku menyusun piring dan gelas bekas makanku. Lantas meletakkannya ke belakang. Sebelum aku memutuskan untuk masuk ke kamarku, aku berdiri tepat di depan pintu kamar Ayana. Ibu bahkan tidak keluar sejak ia pulang bekerja tadi. Barangkali Ibu tidak sudi melihat wajahku. Sebenci itukah ia padaku? Sampai-sampai, malam ini ia ingin bermalam bersama Ayana? Air mataku jatuh lagi. Ah, cengengnya aku ini. Dalam hati aku berdoa, semoga suatu saat nanti Ibu bisa mencintaiku layaknya Ibu mencintai Ayana. (Penulis adalah Mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UMSU)


18

Sabtu 12 Mei 2018

GADGET

Backto5, BacktoLive Siap Digelar

ASUS Hadirkan Dua Smartphone Teranyar ASUS Indonesia baru saja menghadirkan smartphone generasi terbarunya yang segera menjadi raja di segmen mainstream yakni ASUS ZenFone Max Pro M1. Tanpa menunda lebih lama, dalam waktu dekat, produsen asal Taiwan tersebut akan menggelar dua varian smartphone terbaru lainnya yang ditujukan untuk dua segmen yang berbeda. Adalah ASUS ZenFone 5, smartphone yang kini telah mencapai iterasi ke-5 dari generasi smartphone Android ASUS yang fenomenal yang segera diperkenalkan pada publik di Tanah Air. Seperti generasi sebelumnya, smartphone ini ditujukan bagi para penggemar fotograi, dan juga mereka yang sangat mengikuti perkembangan teknologi terbaru perangkat telekomunikasi. Adapun versi lainnya, yakni

ASUS ZenFone Live L1, merupakan smartphone yang ditujukan untuk segmen entry level. Smartphone yang digadang-gadang akan menjadi “The Real FullView for Everyone” ini ditujukan bagi para pengguna dari generasi muda yang gemar melakukan hal-hal menyenangkan. Mulai dari menonton ilm, belanja online, sampai memutar musik. “Saat hadir pertama kali di industri smartphone di Indonesia, ZenFone 5 merupakan smartphone yang sangat fenomenal. Dengan #Backto5, ASUS ingin mengajak pengguna untuk beralih ke smartphone ASUS generasi ke-5,” ucap Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia. “ZenFone generasi ke-5 akan menjadi motor pendorong utama bagi ASUS untuk kembali menjadi raja di segmen middle-high,” ucapnya.

Berbeda dengan ZenFone 5, ZenFone Live L1 yang juga akan diperkenalkan merupakan model yang dijadikan andalan untuk menggarap segmen value. Yang menarik, sama seperti ZenFone Max Pro M1 yang baru diluncurkan, ZenFone Live L1 juga merupakan smartphone yang pertamakali hadir di Indonesia. Bukan di negara-negara lain di dunia. “Semua dimungkinkan karena kita sudah memiliki SMT Line Manufacturing sehingga mampu memproduksi smartphone dengan metode Completely Knock Down di mitra

pabrikan lokal kita Batam,” sebut Galip. “Kini kita memiliki sumber daya yang cukup untuk memproduksi smartphone secara menyeluruh di dalam negeri, bahkan sebelum negara-negara lain memilikinya,” sebutnya. Sebagai informasi, event ASUS #Backto5 & #BacktoLive akan digelar di Jakarta, 17 Mei 2018. Pada kesempatan tersebut, dua smartphone unggulan terbaru ASUS akan dihadirkan secara resmi ke pasaran Indonesia dan akan segera menjadi raja-raja baru di segmennya. (ril/nas)

Android P Bakal Dukung Fitur Android Auto Wireless Seluruh perangkat berbasis Android P dikonirmasi akan mendukung itur Android Auto Wireless. Pada April lalu, Google resmi mengumumkan ketersediaan Android Auto Wireless, sebuah itur yang memungkinkan pengguna menghubungkan smartphone ke headunit Android Auto pada mobil mereka dengan menggunakan konektivitas WiFi. Sebelumnya, daftar smartphone yang mendukung itur tersebut hanya mencakup semua lini Pixel, Nexus 5X, dan Nexus 6P. Tapi kini, berdasarkan

apa yang disebut dalam siaran pers terbaru dari perusahaan produk elektronik Kenwood, daftar smartphone yang kompatibel akan tumbuh ketika Android P mulai diluncurkan. “Perangkat yang saat ini mendukung Andoid Auto Wireless adalah empat versi Google Pixel --Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL-- serta Nexus 5X dan Nexus 6P. Mereka harus ditingkatkan ke Android 8.0 atau lebih tinggi (melalui peningkatan versi over-the-air),” tulis Kenwood, seperti dilansir GSM Arena. “Untuk pabrikan perangkat lain, Android Auto Wireless akan diterapkan dengan adopsi Android 9.0 atau lebih tinggi,” sambung Kenwood. Sementa itu, pihak Google hingga kini masih belum secara resmi mengonirmasi kabar tersebut. (inc-nas)

Xiaomi Segera Buka Toko di Austria Pabrikan smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, kabarnya akan membuka gerai terbaru di pusat perbelanjaan SCS, Wina, Austria. Kabar ini sekaligus memastikan penetapan jadwal pembukaannya pada bulan ini setelah jadwal sebelumnya pada Maret dan April belum juga terealisir.

Mengutip GSM Arena, pembukaan gerai ini diperkirakan bertepatan dengan kedatangan resmi Xiaomi di Prancis dan Italia, dan diharapkan sekaligus peluncuran Mi 7, yang kabarnya akan datang pada 23 Mei mendatang. Namun, belum dikonirmasi apakah gerai yang akan dibuka di ibu kota negara Austria

ini adalah toko resmi Mi Store atau gerai distributor resmi. Belum ada informasi pula mengenai katalog perangkat dan layanan yang akan dibawa Xiaomi pada gerai tersebut. Xiaomi sendiri memang belum mengumumkan apa pun mengenai ekspansi mereka ke pasar Austria. (inc-nas)

Qualcomm Rancang Chip Baru Android Wear sudah berubah nama menjadi Wear OS. Namun chip di dalamnya akan masih sama, yaitu Snapdragon Wear 2100 yang dirilis Februari 2016. Banyak hal yang menyebut itulah yang menghambat perkembangan Wear OS. Namun untungnya kini Qualcomm sudah memastikan kalau mereka akan memperbarui chip tersebut, dan merilis chip yang baru pada 2018 ini. Senior Director Wearable Qualcomm Pankaj Kedia menyebut kalau perusahaan asal San Diego, AS itu akan merilis chip khusus jam tangan pintar pada musim gugur 2018 ini, bersamaan dengan perangkat lagship hasil kerja samanya dengan sejumlah perusahaan lain. Chip baru itu disebut Kedia dirancang khusus untuk Wear OS, dan benar-benar dibangun dari nol. Harapannya adalah chip itu bisa memberikan pengalaman menggunakan smartwatch yang sangat baik, kemungkinan karena mempunyai daya tahan baterai yang jauh lebih baik dan dukungan terhadap layar always on. “Smartwatch pada intinya adalah sebuah jam tangan, perlu terlihat bagus, tipis, perlu terlihat bagus saat saya melihatnya dan saat saya tak melihatnya. Ini tak boleh statis saat saya tak melihatnya, juga tak boleh berubah menjadi hitam putih saat saya tak melihatnya,” tambah Kedia. Selain hal di atas, tak ada hal lain yang diinformasikan oleh Qualcomm, selain janji bahwa chip ini akan mengubah ekosistem Wear OS secara signiikan. (dtn-nas)


SABTU 12 MEI 2018

19

Info Serba-SerbI PURBA MULTIROOF Spesialis Atap dan Baja Ringan

Menyediakan : - Genteng metal, Atap Spandek panjang/Lengkung. - Besi C/Truss, Reng (zincalume) Jl.Gaperta Ujung No.80-A Medan

Hubungi : 081362321899 081265237863 081262861028 N.B : Menerima pemasangan baru dan bongkar pasang atap (Rumah tinggal, pabrik, sekolah, kantor, dsan gedung lainnya).

www

Info Beriklan : (061) 663 5 664

Iklan Ekonomis 20mm/Kolom Rp. 20.000,40mm/Kolom Rp. 40.000,60mm/Kolom Rp. 60.000,80mm/Kolom Rp. 80.000,-

jurnalasia.com

harianjurnalasia

@jurnalasia

0852 9776 1000

Jl. Gatot Subroto No. 317/236 A Tel. (061) 453 9685 - 453 9684 (Depan Jl. PWS) - Medan. Terima Tempahan Canopy, Folding Gate, Pintu Plat Besi, Aluminium, Kaca dan Stainless Steel.

WASHTAFEL PVC

PINTU PRESS

ROLLING DOOR

FOLDING GATE

UPVC

CIN BOY 0853 6022 3003

Kunyit Pertajam Daya Ingat KUNYIT sering digunakan dalam campuran kari, gulai dan makanan lainnya. Selain itu, terkenal akan warnanya yang dapat membuat noda di mana pun. Rempah-rempah ini mempunyai warna yang kuat dari kurkumin. Ternyata, tak hanya menambahkan warna pada makanan tapi bisa membuat mood kita lebih berwarna alias ceria. Melansir daily meal, Jakarta, Kamis (10/5), kandungan kurkumin pada kunyit ternyata dapat mengangkat mood Anda dan meningkatkan daya ingat Anda. Kunyit telah ada di radar kita sebelumnya, dikabarkan memiliki manfaat ajaib seperti menyembuhkan kanker, mencegah peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sekarang, kita dapat menambahkan dua lagi ke daftar tersebut. Penelitian ini diikuti sekelompok orang dewasa selama 18 bulan, memantau kemampuan kognitif dan emosi mereka. Mereka yang mengonsumsi suplemen kurkumin setiap hari melaporkan mood yang lebih baik dan memori yang lebih baik. “Persisnya bagaimana curcumin memberikan efeknya tidak pasti,” Dr. Gary Small, penulis utama studi ini, mengatakan dalam sebuah pernyataan, “tapi itu mungkin karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan otak, yang telah dikaitkan dengan kedua penyakit Alzheimer dan depresi besar. “ Alzheimer dan depresi adalah dua

masalah kesehatan penting di Amerika. Sekira 5,5 juta orang Amerika hidup dengan Alzheimer pada 2017 dan sekitar 16,1 juta orang hidup dengan diagnosis untuk depresi berat. Jutaan kasus depresi tidak terdiagnosis setiap tahun. Suplemen mungkin tidak untuk semua orang, namun, beberapa peserta dalam penelitian ini mengalami efek samping yang tidak nyaman seperti sakit perut dan mual. Tetapi bagi mereka yang mencari pengobatan alami untuk meningkatkan otak mereka, curcumin bisa menjadi pilihan yang menarik. Anda bisa mengonsumsi suplemen kurkumin atau mengonsumsi kurkumin dengan menggunakan kunyit dalam resep makan malam yang lezat. (oz-van)


20

sabtu 12 mei 2018

SAINS

Apa yang Terjadi Jika Matahari Berhenti Bersinar? Pernahkah terpikir berapa lama lagi Matahari dapat terus bersinar? Menurut beberapa penelitian, umur pusat tata surya itu hanya tersisa sekitar lima miliar tahun lagi. Hal itu berarti, setelahnya Matahari akan terbakar, mengoyak seluruh komposisi, dan mengubahnya menjadi cincin bercahaya yang dipenuhi oleh gas dan debu antarbintang berukuran sangat besar. Dikutip dari South China Morning Post kemarin, para astronom telah lama mengetahui bahwa Matahari akan mati ketika kehabisan bahan

“Planet nebula ini adalah obyek tercantik di langit, dan meskipun tanda bekas Matahari hanya akan menjadi samar, namun hal itu masih bisa terlihat dari galaksi tetangga,” kata Albert Zijlstra, profesor astroisika di University of Manchester. “Jika Anda tinggal di galaksi Andromeda, yang berjarak dua juta tahun cahaya dari Bumi, Anda masih bisa melihatnya.” Matahari dalam banyak hal merupakan bintang pada umumnya, yang berukuran sedang dengan masa

bakar, tetapi sifat ketetapannya masih belum bisa dipahami secara jelas hingga saat ini. Setelah puluhan tahun meneliti, sekarang tim ilmuwan internasional telah berhasil menyusun rinciannya. Dengan menggunakan model komputer baru, mereka menemukan bahwa alih-alih memudar seperti yang dipikirkan sebelumnya, Matahari yang sedang sekarat akan berubah menjadi planet nebula yang menakjubkan, dan dapat dideteksi dari jarak pandang jutaan tahun cahaya di sekitarnya.

hidup miliaran tahun. Akhir masa hidup Matahari ditandai oleh inti yang kehabisan hidrogen, sehingga menyebabkan kutub pusatnya runtuh. Ketika ini terjadi, reaksi nuklir akan tercipta di luar inti, menyebabkan matahari membengkak menjadi raksasa merah yang akhirnya menelan Merkurius dan Venus. Tapi itu bukan akhir dari cerita, laporan ilmiah yang dimuat di jurnal Nature Astronomy, menjelaskan bahwa setelah membentuk raksasa merah, Matahari akan kehilangan sekitar

setengah dari massanya. Hal ini tidak lain disebabkan oleh tiupan angin kencang berkekuatan 20 kilometer per detik. Selanjutnya, inti akan memanas dengan cepat, membuatnya terus memancarkan sinar ultraviolet dan sinar X, yang menangkap lapisan luar dan mengubahnya menjadi cincin plasma bercahaya terang. Dalam bentuk terbarunya sebagai planet Nebula, sisa cahaya Matahari disebut mampu bertahan tidak lebih dari 10.000 tahun lamanya. (lp6/hut)

Spesies Tikus Baru Ditemukan di Filipina| Asal-usulnya Masih Misterius SPeSieS tikus baru telah ditemukan hidup di ketinggian Gunung Mantalingahan di Pulau Palawan, Filipina. Temuan baru ini cukup

tak lebih dari lima juta tahun. “Gunung itu merupakan satusatunya tempat kami bisa menemukan spesies ini,” ujar Lawrence Heaney, salah satu penulis studi dan Kurator Mamalia Field Museum di Chichago. Itu berarti tikus tersebut telah berkelana jauh dari habitat asalnya hingga mencapai lokasinya sekarang. Kerabat terdekat spesies baru tersebut—yang sebetulnya tak terlalu dekat, ditemukan di Afrika. Tikus yang diberi nama Palawanosorex muscorum atau dikenal dengan nama umum tikus lumut Palawan itu pertama kali ditemukan tahun 2007,

membingungkan para peneliti karena evolusi spesies tersebut jauh lebih tua dibandingkan tempat hidupnya. Tikus berwarna abu-abu dengan kaki depan besar dan ekor berbulu halus yang tak biasa ini diperkirakan terpisah secara evolusioner dari kerabat terakhirnya sekitar 10 juta tahun silam. Sementara itu, Gunung Mantalingahan berusia

922

TTS Mendatar 2. baik dan buruknya sesuatu 3. sifat tuhan 4. surga 6. bola dunia tiruan 7. udang kering 11. ikan yang di kemas dalam kaleng 12. bambu muda yang di masak 14. gudang senjata 18. perbandingan mata uang 19. kata ganti orang ke tiga 20. nenek 21. surat notaris

23. 26. 28. 29. 30. 31. 32.

salah satu kota besar di papua sifat wadah untuk merebus permohonan kepada tuhan asa terasi tempat duduk kuda

Jawaban TTS 921 1

2

E 3

R 6

Menurun 1. kesatuan tentara 2. pancing 5. daging yang di tusuk 7. lapisan keras gigi 8. instuti teknologi bandung 9. daerah tertentu 10. talas 13. turunnya air dari langit 15. inti; pati 16. timbangan 17. sepatu kuda

20. 22. 24. 25. 27. 28.

kakek iba meteran taksi negeri tirai bambu tidak runcing sesudah

4

P

5

O

E

R

H A M M E R 8

O 10

11

A

15

17

18

19

C

E S

S

27

23

24

R U T A N

28

S T

G

B

29

I 32

S I N G

I 33

E

D O L L A R 34

35

I N V A S I S

K H U S U S 36

R I D W A N

EclipseCrossword.com

22

W

I M B A S S

30

I

A L E R T

U

A

25

G

M A N I L A S

A

R

S I N S E

26

R

P O L I S

21

L

G

T

20

V

K

16

R U M O R

K

G

A

I

N A R A S U M B E R S

S

A

A N D A I

14

H

U

R

12

L

E

A

L

R 13

7 9

R E N T A D

P

F

T

P

T H T

31

Z O N A T

dalam ekspedisi untuk meneliti keanekaragaman hayati Gunung Mantalingahan. Para peneliti menemukan tikus lumut Palawan di hutan pada ketinggian antara 1.550-1.950 meter, sementara total ketinggian G. Mantalingahan adalah 2.086 meter. Hewan pengerat tersebut gemar berdiam di serasah daun di antara pohon-pohon rendah bertabur anggrek dan pakis. Mereka sepenuhnya aktif di malam hari. Dalam penelitian yang terbit tanggal 8 Mei 2018 di Journal of Mammalogy, para peneliti mendeskripsikan, tubuh tikus ini rata-

rata panjangnya 9 cm dan beratnya mencapai 20 gram saat dewasa. “Ciri khas yang membuat tikus ini unik adalah kaki depannya yang kuat dan bulu-bulu gelap yang menutupi ekornya. Kebanyakan tikus memiliki ekor yang diselimuti oleh kulit bersisik,” ujar Heaney. Tikus tersebut merupakan satu dari tiga spesies mamalia endemik G. Mantalingahan, yang artinya, mereka hidup secara eksklusif di wilayah geograis sempit tersebut. Dua spesies mamalia lainnya adalah tupai montana Palawan (Sundasciurus rabori) dan tikus gunung berbulu lembut Palawan (Palawanomys furvus). (ngc/hut)


Sabtu 12 Mei 2018

HIBURAN

Marissa Haque

Target Khatam Alquran selama Ramadan

Nicholas Saputra dan Dian Sastro

Bulan Ramadan sudah di depan mata. Seluruh masyarakat muslim siap menyambutnya. Tak terkecuali dengan para selebriti Tanah Air, yang sudah punya target selama menjalani puasa Ramadan nanti. Salah satunya adalah artis senior Marissa Haque yang ingin mengkhatamkan Alquran sampai Ramadan selesai nanti. “Ramadan kali ini saya pribadi cenderung di rumah, ingin habiskan baca 30 juz lagi. Karena semua pekerjaan sudah saya habiskan sebelum Ramadan

tiba,” ucap Marissa, Jumat 11 Mei 2018. Untuk urusan menu, ibu dua anak ini tak mau ambil pusing. Marissa kini lebih mempercayakan kepada katering yang sudah lama dipesannya. “Karena kelelahan dengan perjalanan luar negeri secara marathon begini, saya memutuskan untuk katering saja bagi persiapan sahur dan berbuka. Tidak ingin lebih lelah lagi takut sakit dan kehilangan kesempatan berpuasanya di bulan suci Ramadan ini,” ucapnya. Marissa juga melakukan traveling bersama sejumlah ustaz dan teman aktivis masjid selama menjalani ibadah puasa Ramadan. (vv|swm)

Kembali Main Film Bareng Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo dikenal karena peran sebagai pasangan epik Rangga dan Cinta dalam ilm Ada Apa dengan Cinta? 2. Kini, keduanya kembali beradu akting, namun dalam ilm lain bertajuk Aruna dan Lidahnya. Dalam sinema besutan rumah produksi Palari Films itu, Dian berperan sebagai tokoh utama Aruna. Sosok perempuan lajang yang berprofesi sebagai ahli wabah dan memiliki obsesi pribadi terhadap makanan. Sementara, Nicholas menghidupkan karakter Bono, sahabat baik Aruna. Koki profesional itu ikut dalam beberapa perjalanan tugas Aruna karena ingin mengeksplorasi resep-resep autentik kuliner Indonesia. Dua nama lain yang telah diumumkan sebagai jajaran pemain adalah aktor Oka Antara dan

aktris Hannah Al Rashid. Oka menjadi Farish, mantan teman kantor Aruna, sementara Hannah memerankan kritikus kuliner bernama Nad, sahabat Aruna dan Bono. Film merupakan adaptasi lepas dari novel karangan Laksmi Pamuntjak berjudul sama. Palari Films menyampaikan, ilm akan menyajikan kekayaan kuliner Nusantara, dibalut dalam kisah persahabatan yang penuh warna. Saat ini, ilm Aruna dan Lidahnya sedang dalam tahap produksi dan syuting ilm sudah dilakukan di dua tempat dan menyusul di beberapa daerah lainnya. Sutradara Edwin (Posesif) dipercaya mengarahkan ilm yang diproduseri oleh Meiske Taurisia dan Muhammad Zaidy. Film yang skenarionya ditulis Titien Wattimena tersebut dijadwalkan tayang pada tahun ini. (rep|swm)

Sun Plaza Cinemaxx COMING SOON

GHOST STORIES (Cinemaxx Regular 2D)17+ SuN PlAzA |15:15 17:15 19:15 21:15 23:20 GHOST STORIES (Cinemaxx Gold 2D)17+ SuN PlAzA | 17:30 19:30 DEEP (Cinemaxx Junior 2D)Su SuN PlAzA | 16:30 19:30 DEEP (Cinemaxx Regular 2D)Su SuN PlAzA | 15:30 17:30 19:30 21:30

INSYA AllAH SAH 2 Director Anggy umbara, Bounty umbara JuRASSIC WORlD Actors Pandji Pragiwaksono, Donny Director Juan Antonio Bayona COlD SKIN Actors Chris Pratt, Bryce Dallas Alamsyah, luna Maya, Nirina zubir, Director Xavier Gens Howard, B.d. Wong, James Cromwell, Miller Khan, Ray Sahetapy, Tanta Actors Ray Stevenson, David Oakes, Ted levine, Justice Smith, Geraldine Aura Garrido, Winslow M. Iwaki, Chaplin, Daniella Pineda, Toby Jones, Ginting, Meriam Belina, Dewi Yull Rafe Spall, Jef Goldblum dijadwalkan tayang tanggal 15 Juni 2018 John Benield

AVENGERS: INFINITY WAR (Cinemaxx Regular 2D)13+ SuN PlAzA | 15:15 AVENGERS: INFINITY WAR (ultra XD 2D)13+ SuN PlAzA | 16:30 19:30 22:35

AVENGERS: INFINITY WAR (Cinemaxx Gold 2D)13+ SuN PlAzA | 16:45 19:45 22:45

TRuTH OR DARE (Cinemaxx Regular 2D)17+ SuN PlAzA | 18:15 20:30 22:45 TRuTH OR DARE (Cinemaxx Gold 2D)17+ SuN PlAzA | 15:15 21:30 23:45

21


22

Sabtu 12 Mei 2018

opini

Teror Jadi Pelajaran Pasca kerusuhan kemarin yang menewaskan 5 anggota Brimob, lagi-lagi terulang. Jumat (11/5) dinihari, seorang petugas Brimob kembali tewas di tempat yang sama. Pasalnya, korban ditikam dengan pisau beracun oleh pelaku. Ini membuktikan bahwa markas yang keseharian dijaga ketat ternyata juga memiliki celah untuk dimasuki lawan. Kasus kerusuhan di Penjara Mako Brimob tampaknya akan menjadi setitik sejarah kelam dibalik prestasi kehebatan Polri dalam memberantas Teroris. Justru napi yang divonis tindakan teroris itu melakukan penyanderaan anggota Polisi Pasukan Khusus Polri, yang berujung terbunuhnya 5 anggotanya. Menjadi ironis saat Kapolri membeberkan prestasinya dalam pemberantasan teroris di dunia Internasional. Tetapi justru saat yang sama di markas pasukan andalannya telah kebobolan napi teroris bisa menyandera dan membunuhi anggotanya. Bila dicermati seperti awal disampaikan Polisi kerusuhan itu tampaknya bukan kasus teror tetapi sekedar ketidak puasan napi karena masalah makanan. Karena, bila itu aksi teroris maka pelaku tidak ada kata menyerah. Bila aksi teror pasti polisi akan menghabisi pelaku seperti tindakan terorisme lainnya. Tetapi saat ini justru isu yang berkembang liar justru ditebarkannya ketakutan terhadap kasus teroris dan kekejaman teroris. Sebenarnya mungkin isu pentingnya adalah keterbatasan sarana Lapas atau kegagalan membuat SOP pengamanan yang tepat dan dilakukan dengan disiplin baik. Penjara di mako brimob mungkin adalah penjara yang paling aman dan paling ketat di Indonesia. Karena, berada di dalam markas pasukan khusus kepolisian Indonesia. Korps Brigade Mobil atau sering disingkat Brimob adalah kesatuan operasi khusus yang bersifat paramiliter paling dibanggakan milik Kepolisian Negara Republik Indonesia. Bahkan Korps Brimob juga dikenal sebagai salah satu unit tertua yang ada di dalam organisasi Polri. Ketika Markas Besarnya dapat dibuat jungkir balik oleh beberapa napi. Tetapi masih saja bisa kebobolan oleh tindakan penyanderaan petugas. Lebih tragis, juga diungkapkannya napi teroris yang berhasil merakit bom di dalam sel penjara. Bayangkan bagaimana bila penjara di Mako Brimob yang super ketat masih bisa kecolongan apalagi di penjara lainnya. Maka, masyarakat tidak heran dalam penjara lainnya ternyata napi bisa mengendalikan bisnis narkoba atau bahkan membuat narkoba dalam penjara. Maka menjadi janggal ketika penguasa dan pendukungnya terus memviralkan #kamitidaktakut padahal kerusuhan itu mungkin bukan aksi teror tetapi hanyalah ketidakpuasan napi karena buruknya sarana dan prasarana lapas. Tetapi tampaknya harus diungkapkan lebih jelas oleh polisi mengapa hanya karena makanan atau karena ketidak puasan semata sampai membuat para napi itu bertindak di luar batas. (*)

Penerbit pT. MediA AnGKASA

Antara | Wahyu Putro A

PAMERAN FOTOGRAFI 20 TAHUN REFORMASI. Pengunjung mengamati karya foto yang dipamerkan pada pameran fotograi 20 tahun reformasi yang diselenggarakan oleh Galeri Foto Jurnalistik Antara bekerjasama dengan Antara Foto, Pewarta Foto Indonesia, Graisosial Indonesia, di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta, Jumat (11/5). Pameran fotograi, video, memoar, grais, mural dan musik yang mengangkat tema Segenggam Releksi Reformasi tersebut dalam rangka memperingati 20 tahun reformasi.

(Membiarkan) parkir Liar di pusat Kota Oleh : Sagita Purnomo

Predikat Kota Metropolitan yang besar dan maju telah disandang oleh Kota Medan, namun faktanya justru menunjukkan bahwa kota ini belum layak menyandang predikat tersebut. Pasalnya, pungli parkir kendaraan masih terus terjadi hingga kini. Ironisnya lagi, pungli dan parkir liar tersebut justru terjadi di pusat Kota Medan. Seakan telah terjadi simbiosis mutualisme antara oknum pejabat dengan pengelola parkir liar, hingga masalah klasik ini masih terjadi dan sangat sulit untuk diatasi. Kawasan Lapangan Merdeka, Jalan Bukti Barisan, Diponogoro, Pulau Penang dan Lapangan Benteng merupakan titik pusat kota yang sangat marak terjadi praktek pungli parkir liar. Padahal di kawasan-kawasan tersebut terdapat kantor institusi yang seharusnya mampu menyelesaikan dan menindak pelaku parkir liar ini. Namun bisnis parkir liar masih terus terjadi hingga sekarang. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka masyarakat kota akan semakin dirugikan karena diperas dengan membayar parkir di luar tarif resmi. Selain itu, ‘bisnis haram’ ini juga berkontribusi dalam menyumbang kemacetan dan merusak estetika Kota Medan yang tercinta ini. Mengingat permasalahan yang semakin akut dan memberi dampak negatif yang sistematis ini, sudah saatnya Walikota bersama pihak terkait melakukan modernisasi sistem dalam pengelolaan parkir. kesempatan Praktek pungli perparkiran di kawasan pusat kota biasanya terjadi di hari-hari tertentu, terutama saat libur. Tarif parkir di lokasi ini bisa meningkat hingga dua kali lipat. Misalnya untuk mobil dari tarif pemimpin Umum: tongariodjo angkasa Ginting Se, Mba, MM, MSc Wakil pemimpin Umum: dr. Finisia angkasa Staf Ahli: Dr. Re Nainggolan, MM, Dr. ir. Jongkers tampubolon, MSc, Drs. Nabari Ginting, Hasiholan Sidabutar Se, Ma, MM, tjong Poh bun, Ridwan Nasution, bambang eS, Johan

Terbit : 19 Juli 2012 Alamat Redaksi dan divisi Usaha Kompleks Bilal Central A1-A2, B1-B2 Jalan Bilal Ujung, Medan Telp. 061 - 6635664 email Redaksi: berita@Jurnalasia.com email Usaha: marketing@Jurnalasia.com

Wakil General Manager: Selamat ang pemimpin Usaha: berman Pasaribu ang Se, MM pjs pemimpin Redaksi/penanggung Jawab: Rahmad S batubara Redaktur pelaksana: isvan Wahyudi Redaktur: Swisma Naibaho, Nasib ts, Khairul anwar Dalimunthe aMd, andri DP Staf Redaksi: Syahrial Siregar, bambang NL SH, Netty Guslina, ari Wibowo, Hendra

normal antra Rp3-5 ribu bisa naik menjadi Rp10 ribu. Begitu juga sepeda motor yang tadinya Rp2 ribu menjadi Rp5 ribu. Ironisnya lagi, oknum tersebut tidak dapat memberikan karcis resmi sebagai bukti parkir yang sah, sehingga dapat disimpulkan bahwa parkir tersebut adalah liar atau legal. Sejumlah warga khususnya kalanganAparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Medan yang mengikuti kegiatan Hardiknas di Lapangan Benteng, Medan, Rabu (2/5) lalu, mengeluh. Pasalnya, mereka yang membawa kendaraan, baik roda dua dan empat harus membayar biaya parkir lebih mahal. Biaya parkir tersebut dikutip tanpa menggunakan bukti kutipan retribusi dan harus dibayar di depan. Anehnya, pengutipan parkir tersebut dilakukan di depan petugas Satpol PP yang lalu lalang di kawasan tersebut. Adapun area parkir yang dikenakan kutipan meliputi pinggir ruas Jalan Imam Bonjol sepanjang kantor DPRD Sumut hingga ke depan Bank Mandiri, termasuk menggunakan trotoar. “Kami merasa dipalak karena selain tak menggunakan karcis retribusi pengutipan dilakukan oleh petugas petugas pengutipan yang tak memiliki identitas,” keluh salah seorang pemilik sepeda motor. Menanggapi masalah ini, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, Renward Parapat, mengatakan bahwa hal itu bukanlah kewenangan pihaknya. Ia mengaku sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk melarang parkir di badan jalan karena akan menimbulkan kemacetan. “Kalau di dalam KoReSponden deliserdang: H alamsyah Siregar, Refi arif Siregar Serdang Bedagai: Sugiono Binjai: Sri Masanah Bahorok: Menanti Ginting pematangsiantar/Simalungun: togar Sinaga. Labuhanbatu: Roberto Simatupang, M. Sibarani Tanah Karo: Herman Harahap Sidikalang: ester Pandiangan Humbahas: Firman tobing Solok: Yose Rizal, elita Susanti SH Tanjungbalai: M. adi Sastra Langkat: badruddin Labusel: Negos Siregar Taput: Nelson Nainggolan, Se pakpak Bharat: boman Batubara: Rahman Khalid

lapangan bukan Dishub, itu lapangan di bawah pengawasan Dandim. Saya perintahkan ke anggota agar tidak ada parkir di trotoar. Cuma ada yang cepat datang mereka masuk. Bagaimana mau anggota saya yang mengutip kan tidak mungkin. Harusnya dia jangan mau, kan bisa ditanyanya ke anggota yang di situ atau bisa juga foto jukirnya dan lapor polisi, kan banyak di situ polisi,” ucapnya. (Medanbisnisdaily.com) Mengingat masalah parkir liar khususnya di pusat kota sudah sangat marak terjadi, sudah seharusnya Pemko Medan bersama dengan Dishub dan Kepolisian mengambil tindakan tegas terhadap pengelola dan pelaku bisnis haram itu. Pemko dapat menurunkan Petugas Satpol PP atau meminta bantuan Kepolisian utuk berpatroli menswepping lokasi-lokasi parkir liar. Jika kedapatan adanya pengenaan tarif diluar tarif resmi, maka oknum tersebut dapat dikenai tindakan tegas. Begitu juga dengan oknum pejabat yang dengan sengaja memback-up bisnis ini. Tanpa adanya peran pejabat penting, mustahil praktek parkir liar di lokasi strategis dapat terus berlangsung dengan aman sampai sekarang. Kondisi tersebut menunjukan bahwa memang benar bahwa ada oknum pejabat yang bermain. Untuk menyelesaikan persoalan ini, hendaknya dilakukan investigasi internal untuk menemukan dan menindak oknum pejabat nakal tersebut. Semoga pihak berwenang baik dari Pemko Medan maupun Kepolisian memiliki nyali untuk membongkar ‘bisnis’ parkir liar yang meresahkan.*** Penulis adalah alumni UMSU Keuangan: Ratnawati S Kom, Jessie Rekening: bank Mandiri no 106 001 0849 399 a\n Pt. Media angkasa penasehat Hukum: Sukiran SH, M.Kn, asman Siagian SH, MH dicetak oleh: Pt. Karya Cetak angkasa, Jl. bilal ujung (Komp. bilal Central No. 12-12a) Medan (isi di luar tanggung jawab percetakan) SeLURUH staf dan wartawan Harian Jurnal asia tidak dibenarkan untuk meminta dan/atau menerima apapun dari narasumber baik dalam bentuk amplop, uang, honor, biaya transportasi, biaya akomodasi, hadiah, maupun berbagai bentuk gratifikasi lainnya. Jika terdapat hal tersebut di atas, silakan kirim SMS ke 0852 9776 1000. Kami juga menerima segala bentuk kritik, saran, pelaporan, dan pertanyaan demi kemajuan Harian Jurnal asia.


Sabtu 12 MEi 2018

23

OLAHRAGA

Liga 1

Kalah Lagi, PSMS Gagal Penuhi Target Bantul | Jurnal Asia PSMS Medan gagal memenuhi target mencuri poin saat melawat ke Stadion Sultan Agung Bantul melawan PS Tira, Jumat (11/5). Bertanding di tengah kondisi wilayah yang terancam abu letusan gunung Merapi, skuad Ayam Kinantan takluk 3-2. Gol PS Tira dicetak Ganjar Mukti di menit kedelapan, Wawan Febrianto (34’) dan Gustavo Lopez (39’). Sementara PSMS membalas lewat aksi Frets Butuan (29’) dan Suhandi (45’). Kemenangan membuat PS Tira naik ke posisi delapan dengan 10 poin, sementara PSMS masih di peringkat 13 dengan sembilan poin. Bagi PS Tira kemenangan ini menandai kebangkitan mereka dari kekalahan di laga pekan lalu ketika menghadapi Bhayangkara FC. Anak asuh Rudy Eka ini memang langsung berinisiatif tampil menyerang ketika pertandingan bergulir. Mengandalkan pergerakan Febrianto dan Ganjar Mukti di sisi lapangan, nama terakhir sukses

membuka skor saat laga baru berjalan delapan menit. Bola muntah hasil sepakan Wawan gagal diantisipasi oleh kiper lawan Ahmad Fauzi. Bola liar kemudian mengarah ke Ganjar yang langsung menyambar dan membawa timnya unggul. PSMS langsung meningkatkan intensitas serangan usai kebobolan. Hasilnya, Frets Butuan menyamakan kedudukan pada menit ke-29. Sepakannya dari dalam kotak penalti, gagal dihalau oleh kiper PS TIRA, Syahrul Trisna Fadillah. The Army kembali unggul lima menit berselang. Kali ini, Wawan benar-benar mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan akuratnya meluncur deras ke gawang tim tamu. Gustavo Lopez mampu memperlebar keunggulan tuan rumah lima menit berselang melalui tendangan terarahnya. Sebelum turun minum, Ayam Kinantan sempat memperkecil kedudukan lewat Suhandi yang mencetak gol indah dari luar kotak penalti.

PS TIRA sukses menjadi tim pertama yang mencetak tiga gol dalam satu babak di dua pertandingan berbeda. Sebelumnya, mereka juga pernah mencatatkan torehan serupa kala menghadapi PSM Makassar di pekan kelima. Tidak ada gol tambahan yang tercipta pada babak kedua. Hasil ini membuat PS TIRA untuk sementara bertengger di peringkat kedelapan klasemen dengan koleksi 10 angka. Sementara PSMS Medan, masih tertahan di peringkat ke-13 dengan sembilan poin. Bagi PSMS Medan, laga ini merupakan laga keempat tandang mereka. Mirisnya lagi dengan hasil negatif ini, maka semua laga tandang yang dilakoni Ayam Kinantan berakhir dengan kekalahan. Dengan begitu, cap jago kandang sepertinya masih setia melekat di PSMS Medan. Pasalnya, setiap bermain di kandang, mereka cukup konsisten dan bisa meraih kemenangan. (f5s-adp)

Tim Arung Jeram Putri Unika Ukir Prestasi Nasional Medan | Jurnal Asia Tim putri Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) kecamatan Medan Johor tampil sebagai juara umum Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Medan IV/2018 wilayah II yang digelar di Kanal Titikuning Kecamatan Medan Johor, baru-baru ini. Tim arung jeram yang tergabung dalam klub Gempita Unika ini juga telah mengukir prestasi nasional. Tim putri arung jeram Gempita Unika Medan dengan personil Besri Julilis Sihombing, Suryanti Berutu, Desi Dewanti Marpaung, Winda Oktavia Butar-Butar dan Yuliana Lumbangaol berhasil keluar juara umum dengan total nilai 575, dari nomor sprint 300, nomor H2H 200, dan nomor slalom 75. Ketua tim putri FAJI Medan Tuntungan Suryanti Berutu mengatakan Jumat (11/5) kami merasa senang dan bangga membawa Medan Johor dengan mengoleksi emas pada cabor arung jeram yang pertama kali digelar di arena Porwil Kota Medan tahun ini. Mahasiswi Unika ini menjelaskan sebelumnya juga telah membawa nama

Medan telah membukukan prestasi antara lain juara 1 umum putri di kejuaraan Deliserdang rafting championship R4 2017. Juara 1 umum putri di seleksi kejurnas R4 di sei Bah Bolon, Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdangbedagai 2017. Juara 1 umum putri di Porkot Medan IX/2017. Juara 2 di kejuaraan alas 2017 dan Juara 2 Kejurnas di sungai Pekalen Probolinggo, Jawa Timur, 2017. Ia berharap kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi arung jeram, tapi juga dapat menjadi ajang silaturahmi bagi para pegiat arung jeram di Medan dan sekitarnya dimana kegiatan arung jeram telah mulai digeluti kelompok pencinta alam di Medan. “Kami tertarik dengan olahraga arung jeram karena menantang dan sangat memicu adrenalin. Dan saat berarungjeram ini juga bisa membuat perasaan kita senang dan fres saat menantang alam serta dapat menuai prestasi hingga tingkat dunia. Olahraga arung jeram juga sebagai perkembangan pariwisata suatu daerah,” tuturnya. Ia menuturkan prestasi yang telah

diraih selama menggeluti arung jeram belum seberapa dibandingkan daerah lain. Untuk ke depannya kami bertekad untuk menuai prestasi yang lebih baik lagi dengan misi membawa nama harum Kota Medan. (bambang nl-adp)

Waspadai Chris Paul! Ohio | Jurnal Asia Golden State Warriors akan berhadapan dengan Houston Rockets pada inal Wilayah Barat NBA 2017-2018. Pelatih Warriors, Steve Kerr, menilai Chris Paul layak mendapat perhatian lebih. Menurutnya, Paul adalah tipe pemain pembunuh. Dia menilai sang pemain memberikan dimensi yang baru dalam permainan Rockets pada musim ini. “Saya pikir Chris jelas merupakan pemain pembeda dalam tim mereka saat ini,” ujar Kerr. “Dia memberikan mereka dimensi baru yang tak mereka miliki sebelumnya.” Rockets memang tampil menggila sejak mendatangkan Chris Paul dari Los Angeles Clippers. Armada Mike D’Antoni memegang rekor terbaik pada musim ini dengan 65 kemenangan dan 17 kali kalah. Meski sang lawan punya rekor bagus, Kerr tak khawatir. Dia yakin timnya bakal mengatasi Rockets dan merebut tiket ke pertandingan penentuan juara. “Mereka menerima tantangan dan menyelesaikan itu. Namun kami dalam kemampuan terbaik jika sedang terancam, dan saat ini kami tengah terancam,” ujar Kerr. Final Wilayah Barat NBA 20172018 antara Houston Rockets kontra Golden State Warriors akan dimulai pada Selasa (15/5) pukul 08.00 WIB. Pada gim pertama ini, Stephen Curry dkk akan dijamu Rockets di Toyota Center. (blc-adp)


24

Sabtu 12 Mei 2018

sport Minggu (13/5) 01.45 WIB Real Madrid vs Celta Vigo

panggung tim pelapis

PERKIRAAN PEMAIN - Madrid (4-3-1-2): Navas; Nacho, Varane, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Isco; Bale, Mayoral. - Celta (4-4-2): Alvarez; Jonny, Sergi Gomez, Cabral, Mallo; Sisto, Lobotka, Sanchez, Wass; Maxi Gomez, Aspas.

Madrid | Jurnal Asia Real Madrid menurunkan banyak pemain pelapis saat kalah 2-3 di markas Sevilla. Bertandang ke Ramon Sanchez Pizjuan, Kamis (10/5) dinihari lalu, tidak ada nama-nama Cristiano Ronaldo, Marcelo, Toni Kroos hingga Luka Modric di skuat El Real. Zidane memberikan kesempatan pemain-pemain seperti Jesus Vallejo, Dani Ceballos dan Borja Mayoral. Alhasil, Madrid kerepotan menghadapi Sevilla. Los Blancos tertinggal tiga gol lebih dahulu dari Wisam Ben Yedder, Miguel Layun dan gol bunuh diri Sergio Ramos. Belakangan, pelatih Madrid Zinedine Zidane tidak menyesali keputusannya. Bahkan pria Perancis ini mengindikasikan masih akan melakukan rotasi di dua pertandingan terakhir Madrid, mengingat satu tempat di Liga Champions musim depan sudah diamankan. Apalagi Madrid akan melakoni laga penting saat menghadapi Liverpool di inal Liga Champions, 26 Mei. “Ini sebenarnya tim yang bisa menang dengan mudah. Saya tidak menyesal menurunkan line-up ini. Masih ada dua laga lagi, ada kesempatan untuk membuktikan kualitas mereka,” ungkap Zidane. Berangkat dari pernyataan Zidane tersebut, bisa jadi Madrid akan kembali diperkuat ti pelapis saat menjamu Celta Vigo di Santiago Bernabeu pada jornada 37 La Liga 2017/18, Minggu (13/5) dinihari WIB. Madrid yang tanpa kemenangan dalam tiga laga terakhirnya di semua ajang, jelas membidik poin penuh, terlbih lagi tampil di markas sendiri. Sementara itu, Celta tanpa kemenangan dalam lima laga terakhirnya di La Liga. Celta sendiri pekan lalu cuma bisa imbang 1-1 kala menjamu Deportivo La Coruna. Unggul lewat Maxi Gomez di awal-awal babak pertama, Celta gagal menang setelah Deportivo menyamakan kedudukan lewat gol injury time Lucas Perez. Pada pertemuan pertama di La Liga musim ini (jornada 18), Madrid meraih hasil imbang 2-2 di kandang Celta. Madrid tertinggal oleh gol Daniel Wass menit 33, lalu berbalik memimpin lewat dua gol Gareth Bale menit 36 dan 38. Namun Celta bisa menyamakan kedudukan melalui Maxi Gomez di menit 82. Madrid bisa dibilang sudah tidak punya motivasi apa-apa lagi di La Liga dengan dua laga tersisa. Melawan Celta pun Madrid diperkirakan tetap takkan memainkan tim terkuatnya. Fokus mereka telah tertuju sepenuhnya ke inal Liga Champions Eropa. Namun Madrid tentu tak mau dipermalukan di kandang sendiri oleh Celta. Madrid selalu menang dan selalu mencetak dua gol atau lebih dalam lima laga kandang terakhirnya melawan Celta di La Liga. Madrid selalu gagal clean sheet dalam enam laga terakhirnya melawan Celta di La Liga. Namun Madrid tak terkalahkan dalam delapan laga kandang terakhirnya di La Liga (M6 S2). Madrid selalu mencetak dua gol atau lebih dalam 15 dari 18 laga terakhirnya di La Liga. (bn-dc-adp)

“Mesir Tak Boleh Hanya Bergantung pada Salah” Kairo | Jurnal Asia Pelatih Mesir, Milutin Sredojevic, memperingatkan timnas Mesir bahwa mereka tak akan bisa berprestasi di Piala Dunia jika hanya mengandalkan Mohamed Salah saja. Salah sukses membawa timnas Mesir lolos ke Rusia musim panas mendatang. Ini pertama kalinya The Pharaohs lolos ke Piala Dunia sejak tahun 1990 silam. Dalam proses mendapatkan tiket ke Piala Dunia, Salah mengemas lima gol. Salah satunya ia cetak melalui titik penalti di pertandingan menentukan melawan Kongo. Pemain berusia 25 tahun yang jadi bintang Liverpool itu tentu nanti akan menjadi tumpuan rekan-rekannya selama digelarnya ajang empat tahunan tersebut. Timnas Mesir nanti akan bersaing dengan Rusia, Uruguay and Arab Saudi di Grup A. Namun Milutin, yang akrab disapa Micho,

memperingatkan Mesir bahwa mereka tak bisa mengandalkan seorang Salah saja untuk bisa berprestasi. Ia lantas mencontohkan kasus Lionel Messi dengan timnas Argentina. “Satu pemain saja - dan Anda bisa melihatnya dalam kasus Argentina (dan bintang penyerangnya Lionel Messi) - tidak bisa menopang tim sendirian,” serunya seperti dilansir Kingfut. “Dalam pertandingan persahabatan internasional antara Mesir dan Portugal pada Maret lalu, mereka bisa memimpin tetapi kemudian dalam dua menit semuanya bisa buyar karena hanya dengan mencapai level tertinggi, sepakbola telah berkembang sejauh itu sehingga Anda perlu memiliki sekelompok pemain, bukan satu individu untuk menopang sebuah tim,” cetusnya. Lebih lanjut, Micho juga mencontohkan kasus di mana tim Tango, yang tak diperkuat La Pulga, hancur saat tanding lawan Spanyol di partai uji coba. Saat itu mereka dipermak dengan skor 6-1. “Bahu Salah dapat membawa timnya ke tingkat tertentu tetapi jika sudah

berurusan dengan hasil terbaik dan penampilan di atas lapangan, kekuatan individu runtuh dan keretakan muncul, seperti yang ditunjukkan oleh timnas Spanyol (melawan Argentina dalam pertandingan persahabatan internasional barubaru ini),” terangnya. “Masa-masa di mana individu - Maradona pada 1986 dan 1990, Roberto Baggio dengan

Italia - menopang tim sendirian, atau dua pemain Bebeto dan Romario untuk Brasil - perlahan-lahan hilang,” cetus Micho. “Saya akhirnya memahami, sebagai orang yang berurusan dengan hal-hal teknis, bahwa kekuatan untuk membuat hasil yang positif mengarah ke tim tidak hanya terletak pada kekuatan individu lagi.” (bn-adp)

Harian Jurnal Asia Edisi Sabtu, 12 Mei 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Sabtu, 12 Mei 2018

Harian Jurnal Asia Edisi Sabtu, 12 Mei 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Sabtu, 12 Mei 2018

Advertisement