Page 1

BPOM Imbau Masyarakat Jangan Mudah Percaya Pesan Berantai Halaman 3 senin, 12 maret 2018 nomor 1.614 tahun Vi

Rp3.000 (Luar Kota + ongKos Kirim)

1,7 Juta Siswa Gagal Ikut SNMPTN 2018 harianjurnalasia

HarianJurnalAsia

jurnalasia.com

Halaman 5

Dua OKP Baku Hantam, Satu Terluka Halaman 6

Wajib Pajak Sumut Bisa Gunakan e-Filling Halaman 10 Tak Mampu Atasi Hoax dan Pilkada

Kapolri Ancam Copot Kapolda

Antara | Andreas Fitri Atmoko Kapolri Tinjau pembuaTan Sim. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) dan Kapolri Tito Karnavian (kedua kanan) menyerahkan SIM kepada driver online saat meninjau pembuatan SIM A untuk driver atau pengemudi taksi online di Polresta Yogyakarta, DI Yogyakarta, Minggu (10/3). Saat ini Kementerian Perhubungan memberikan subsidi SIM A umum untuk para driver taksi online dengan dana dari APBN dan CSR.

Yogyakarta | Jurnal Asia Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan Pilkada Serentak 2018 akan berlangsung aman dan damai. Tito mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan potensi konlik. “Saya sangat yakin Pilkada ini gak akan ramai, gak akan seperti di (Pilkada) Jakarta,” ujar Tito di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Minggu (11/3). Menurut Tito ada 4 komponen yang membuat Pilkada DKI menjadi ramai. “Di Jakarta ada empat komponen bertemu, agama, ras, mungkin ketidaknyamanan pihak tertentu dengan cara bicara, dan partai pendukung pemerintah serta oposisi berada di posisi berseberangan,” kata Tito. (Bersambung ke halaman 11)

KPU Sumut Kawal Leges Ijazah JR Berangkat ke Dinas Pendidikan Jakarta medan | Jurnal asia Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) bersama JR Saragih, Senin (12/3) hari ini, mendatangi Suku Dinas Pendidikan DKI Jakarta, untuk melegalisir fotocopy Ijazah SMA JR Saragih. Legalisir ulang ini sesuai dengan keputusan musyawarah sengketa Bawaslu Sumut, yang mengabulkan sebagian permohonan yang diajukan oleh JR Saragih, setelah sempat dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU Sumut sebagai Pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Sumut. Dengan kedatangan ke Suku Dinas DKI Jakarta, maka peluang JR-Ance kembali terbuka mengikuti

Pilgubsu 2018. ”Sebelumnya kita telah surati Pak JR, kita meminta jadwal (legalisir ulang), dan dibalasnya surat itu, sehingga sore ini (Minggu-Red), kita berangkat ke Jakarta,” ujar Ketua KPU Sumut Mulia Banurea kepada wartawan lewat selular, Minggu (11/3) kemarin. Dijelaskannya, agenda legalisir ijazah fotocopy SMA milik JR Saragih, rencananya akan berlangsung, Senin sekitar pukul 10.00 WIB. “Agendanya hanya melegalisir ulang ijazah, yang jelas kita menjalankan putusan Bawaslu,” terangnya. (Bersambung ke halaman 11)

“Agendanya hanya melegalisir ulang ijazah, yang jelas kita menjalankan putusan Bawaslu.” Ketua KPu sumut mulia Banurea

Pengangguran Lokal Dipastikan Meroket Sejumlah aktivis berunjuk rasa di depan Kantor Imigrasi, menuntut agar Imigrasi setempat meningkatkan pengawasan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal yang jumlahnya semakin

Antara | Basri Marzuki

FB/Rahmat KapolSeK Perbaungan, AKP Ilham Harahap saat meninjau pelaku Penista Agama di RSJ Medan.

Keluarga Tak Punya Uang

Indonesia Bakal ‘Banjir’ Tenaga Kerja Asing Jakarta | Jurnal Asia Aturan yang tengah digodok soal kemudahan proses perizinan penggunaan tenaga kerja asing di Indonesia menuai pro dan kontra. Sebab, dengan mudahnya tenaga kerja asing bekerja di Indonesia dikhawatirkan pekerja dalam negeri menjadi pengangguran. Akan tetapi, kemudahan proses perizinan penggunaan tenaga kerja asing ini bukan semata-mata seluruh orang asing boleh bekerja di Indonesia, melainkan tetap disortir sesuai kebutuhan dan kualifikasi. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri, Minggu (11/3). (Bersambung ke halaman 11)

Antara | Septianda Perdana jr Saragih - ance

Oknum Polres Sergai Minta Biaya RSJ serdang Bedagai | Jurnal asia Keluarga penista agama atas nama Abdul Hais Lubis mendadak terkejut, pasca dimintai dana observasi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Medan sebesar Rp1 juta. Kepada Jurnal Asia, Rahmad yang mengaku mewakili pihak keluarga Hais mengaku ada abangnya mendapat telpon dari oknum Kanit, di Polres Sergai pada Kamis (8/3) siang. “Memang adik saya ditangkap oleh Polres Sergai kira-kira dua minggu lalu, terkait postingannya di media sosial. Sebelumnya dia sudah bolak-balik masuk ke rumah sakit jiwa di Medan. Namun beberapa bulan terakhir, Hais kerap memosting di medsos terkait tulisan bernuansa SARA,” jelas Rahmad, Minggu (11/3) malam. (Bersambung ke halaman 11)


2

Senin 12 Maret 2018

MEDAN

Amran Utheh Jabat Kadis Koperasi dan UKM

Kejatisu: Proses Penyidikan Kasus Korupsi Bapemas Sumut Terus Berjalan Medan | Jurnal Asia Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Sumatera Utara (Sumut), Amran Utheh kerap menjadi perbincangan hangat di masyarakat, khususnya di lingkungan pemerintahan provinsi Sumut, maupun di ranah hukum. Bagaimana tidak? Amran Utheh yang usai menjabat sebagai kepala Bapemas dan sempat di mutasi sebagai Staf Ahli Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat di pemerintahan provinsi Sumut itu, masih sering disebut-sebut dan diduga ikut terlibat dalam kasus korupsi di Bapemas Sumut. Hingga kini, kasus korupsi dengan Tahun Anggaran (TA) 2015 yang bernilai Rp40,8 miliar tersebut belum berhenti. Terakhir, pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) telah memeriksa salah satu tersangka yang menjadi kunci keterlibatan Amran Utheh, yakni Edita Siburian selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Namun, saat ini Amran Utheh justru telah didaulat kembali untuk memimpin salah satu dinas di pemerintahan provinsi Sumut, yakni

menjadi Kepala Dinas Koperasi dan UKM. Menanggapi hal itu, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sumut, Sumanggar Siagian menegaskan, posisi atau jabatan apapun yang diemban oleh Amran Utheh sekarang, tidak akan mempengaruhi proses hukum yang saat ini masih berjalan. “Apa yang menjadi pertimbangan kepala daerah untuk menjadikan beliau (Amran) pada jabatan yang baru kan kita tidak tahu, itu hak gubernur. Tapi yang jelas, jabatan yang diemban Amran Utheh saat ini, tidak berpengaruh terhadap proses hukum. Silahkan lakukan tugasnya, kita lakukan tugas kita. Siapapun yang terlibat, apapun jabatannya saat ini, pasti tetap kita proses, tak ada pengaruhnya,” tegas Sumanggar kepada Jurnal Asia, Sabtu (10/3). Sumanggar menyebutkan, kasus ini masih terus berjalan. Tersangka Edita Siburian, masih akan diperiksa kedepannya tentang keterlibatan Amran Utheh ataupun bila ada tersangka lainnya. “Waktu itu kan kita sudah pernah periksa Edita, tapi keterangannya masih normatif, dia (Edita) belum terbuka sepenuhnya kepada

penyidik. Tapi yang jelas, penyidik akan lebih menggali keterangan Edita. Siapapun nanti yang terlibat, pasti akan kita proses,” jelasnya. Dalam kasus ini, selain Edita, penyidik Kejati Sumut telah menetapkan tiga orang rekanan yang bergerak dibidang Event Organizer (EO) sebagai tersangka, yaitu Rahmat Jaya Pramana selaku Direktur PT Ekspo Kreatif Indo, Tauik selaku Direktur Mitra Multi Komunication dan Budhiyanto Suryanata selaku Direktur PT Proxima Convex. Seperti diketahui, Amran Utheh merupakan satu dari delapan pejabat Pemprov Sumut yang dilantik dan diambil sumpah serta janji jabatannya pada 23 Maret 2018 lalu. Selain Amran Utheh, pengambilan sumpah jabatan yang digelar di Aula Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan itu juga diikuti tujuh pejabat pimpinan tinggi pratama Pemprov Sumut yang dirotasi. Mereka adalah Hidayati, Elisa Marbun, Binsar Situmorang, Muhammad Zein, Anthony Siahaan, Asren Nasution dan Zonny Waldi. (markus/rol)

Mayjen Ibnu Triwidodo Diangkat Jadi Pangdam I/BB Medan | Jurnal Asia Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, mutasi Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Sumantri, menjadi Staf Khusus KSAD, dan digantikan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, yang sebelumnya menjabat sebagai tenaga pengajar pada Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas). Mutasi Pangdam I/ BB ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/231/III/2018, tanggal 9 Maret 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, telah ditetapkan Mutasi Jabatan 22 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 7 Pati jajaran TNI Angkatan Laut, 4 Pati jajaran TNI Angkatan Udara. Informasi yang diperoleh Sabtu (10/3), mutasi Pangdam dilakukan sekitar tiga bulan, tepatnya 90 hari jelang pemungutan suara Pilgub Sumut 2018-2023, yang diselenggarakan pada 27 Juni 2018. Mayjen TNI Ibnu Triwidodo saat ini tenaga Pengajar Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas (sejak 2016). Perwira tinggi TNI ini kelahiran Bantul, Yogyakarta, pada 9 November 1961. Ibnu, lulusan Akmil 1985, berpengalaman dalam bidang Infanteri. Saat berpangkat Brigadir Jenderal, ia menjabat sebagai Kasgartap 1/Jakarta (2014), dan Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya (2015-2016). Sementara Posisi Mayjen TNI Ibnu digantikan Brigjen TNI Achmad Marzuki yang sebelumnya Dan PMPP TNI. Brigjen TNI Victor Hasudungan Simatupang M Bus yang sebelumnya Pati BIN (Sekretaris Pertama pada Kedubes RI di Washington DC/USA) menjadi Dan PMPP TNI. (wol/rol)

Kaum Muda Diharap Terus Kampanyekan Jantung Sehat

Jurnal Asia | Ist

MELANTIK. Wakil WaliKota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi melantik kepengurusan Paguyuban Alumni SMA Negeri 3 Medan Angkatan 2000 (PASMUTIG 2000) periode 2017-2019, Minggu (11/3).

Wakil Walikota Lantik Pengurus PASMUTIG 2000 Medan | Jurnal Asia Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi melantik kepengurusan Paguyuban Alumni SMA Negeri 3 Medan Angkatan 2000 (PASMUTIG 2000) periode 2017-2019 di Kolam Renang Deli Jalan Sutomo Medan, Minggu (11/3). Selain terus menjalin silaturahmi, kehadiran PASMUTIG diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para alumni yang tergabung di dalamnya. Di samping itu juga memberikan kontribusi dalam memajukan sekolah yang berlokasi di Jalan Budi Kemasyarakatan tersebut. Menurut Wakil Walikota keberadaan ikatan alumni seperti PASMUTIG 2000 sangat penting. Tidak hanya sekadar untuk eksistensi, tapi juga meningkatkan

tali silaturahmi serta mendukung terwujudnya visi dan misi sekolah dalam upaya meningkatkan kecerdasan para siswa. Di samping itu yang tidak kalah pentingnya sebagai ujung tombak dalam meningkatkan reputasi sekolah di mata masyarakat dengan keberhasilan alumninya di berbagai profesi. Sebagai alumni SMAN 3 Medan stambuk 1986, Wakil Walikota sangat mengapresiasi dibentuknya PASMUTIG 2000. Diharapkannya, PASMUTIG dapat menjadi pemersatu antar lintas alumni yang telah diluluskan SMAN3 sehingga menjadi satu keluarga besar. “Dengan bersatunya seluruh alumni, Insya Allah SMAN 3 Medan yang kita cintai ini akan semakin maju dan berkembang

lagi. Ingat, suatu sekolah akan menjadi terkenal dan favorit di tengah masyarakat karena memiliki ikatan alumni yang anggotanya berkualitas dan berprestasi,” kata Wakil Walikota. Agar ikatan alumni ini dapat bertahan dan terus memberikan kontribusi bagi anggota dan sekolah, Wakil Walikota berpesan dalam perjalanannya agar tidak mengenal fanatisme kelompok angkatan maupun usia sekali pun. “Ikatan alumni harus berjalan untuk kepentingan bersama, tidak sekadar wadah untuk nonstalgia maupun kagenkangenan. Ikatan alumni harus bisa memberikan kontribusi dan manfaat bagi para alumni maupun sekolah,” pesannya. (put/rol)

Medan | Jurnal Asia Jantung merupakan pusat sistem kardiovaskuler yang memiliki peran untuk mengatur hampir semua hal dalam tubuh. Mulai dari mendistribusikan oksigen sampai membantu kinerja sistem imun. Hal itu disampaikan Tokoh Olahraga Sumut, Musa Rajekshah, di peringatan hari jadi Klub Jantung Sehat Hermes Polonia, di Hermes Place Medan. Dikatakannya, jantung yang sehat tentu mampu membuat hidup dan jiwa yang sehat. “Makanan yang kita konsumsi dan aktivitas yang kita lakukan dapat secara dramatis mempengaruhi kesehatan jantung. Keberadaan klub jantung sehat ini sangat penting, terutama sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan jantung,” kata pria akrab disapa Ijeck itu, Sabtu (10/3). Dia berharap agar Klub Jantung Sehat Polonia bisa terus mengampanyekan hal ini, khususnya kepada generasi muda. “Saya ucapkan selamat hari jadi yang ke-1 buat Klub Jantung Sehat Hermes Polonia. Teruslah berbuat untuk masyarakat banyak,” ucapnya. Ketua Klub Jantung Sehat Hermes Polonia, Kelana Putra mengatakan, klub sudah berdiri satu tahun lalu pada 4 Maret 2017. “Setiap jumat rutin pemeriksaan jantung, cek darah hingga baksos. Klub ini juga mendapat penghargaan BPJS soal peserta jalan sehat,” sebut Kelana. Pada peringatan hari jadi ini, panitia menggelar sejumlah kegiatan di antaranya donor darah, baksos, lomba senam jantung sehat dan fashion show. “Perayaan ultah ini sekaligus sosialisasi tentang pentingnya kesehatan jantung. Khususnya anak muda. Saat ini jantung bukan urusan orang tua saja tapi anak muda juga,” ungkapnya. Ketua Yayasan Jantung Indonesia Sumut diwakili Dr Sutomo Kasiman menilai masyarakat Sumut sadar tentang olahraga jantung sehat. “Salah satu parameternya yakni banyak klub jantung sehat di Sumut dan Klub Jantung Sehat Polonia ini salah satunya,” kata Sutomo Kasiman. (anol/rol)


Senin 12 Maret 2018

MEDAN

10 Jenis Obatan Dilarang Konsumsi Ternyata Hoax

BPOM Imbau Masyarakat Jangan Mudah Percaya Pesan Berantai Medan | Jurnal Asia Publik tanah air dikejutkan dengan pesan berantai dari media sosial maupun aplikasi pesan singkat yang menyebutkan 10 jenis obat-obatan dilarang konsumsi, yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini. Obat-obatan yang dilarang konsumsi berdasarkan pesan berantai itu yakni Paramex, Inza, Inzana, Contrex & Contrexyn, Hemaviton Energy Drink, Hemaviton Action, Bodrex & Brodexyn, Natur E, Super Tetra, dan Stop Cold. Alasan pelarangan berdasarkan pesan berantai itu seperti jumlah presentase PPA-nya 15 persen, telah terjadi bencana kematian di sejumlah wilayah Indonesia karena meminum

obat-obatan itu. Lalu obat-obatan tersebut mengandung racun yang amat berbahaya bagi produksi reproduksi tubuh manusia (kualitas sperma dan sel telur), jika obat-obatan itu rusak tidak bisa dikembalikan, sehingga berbahaya dikonsumsi, serta obatobatan itu diproduksi tidak higienis. Menanggapi hal itu, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Medan, Yulius Sacramento mengatakan, pesan berantai tersebut adalah bohong alias hoax. “Melihat alasan dari pesan berantai tersebut, menurut saya itu dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, atau istilahnya ingin menjatuhkan pesaing,” katanya,

Minggu (11/3). Lanjutnya, hal itu karena 10 jenis obat-obatan disebutkan itu sudah berulangkali tersebar melalui medsos maupun pesan berantai di aplikasi pesan singkat. “Ini bukan pertama kalinya terjadi. Ini sudah terjadi beberapa kali sejak 2003 silam, dan BPOM sudah berulangkali mengklariikasikannya,” sebut Yulius. Oleh karena itu, Yulius meminta kepada masyarakat untuk tidak resah atau langsung percaya atas informasi menyesatkan tersebut. “Jika masyarakat resah atas info itu dapat mengeceknya langsung melalui website BPOM ataupun melalui call center Halo BPOM di nomor 1-500533,” pesannya. (anol/rol)

Jurnal Asia | Ist

SERAHKAN HADIAH. Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyerahkan hadiah dan piala kepada peserta MTQ ke-51 Tingkat Kota Medan tahun 2018 di Lahan Eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (10/3) malam.

Medan Area Kembali Juara Umum MTQ ke-51 2019, Medan Marelan Tuan Rumah MTQ ke-52 Medan | Jurnal Asia Kecamatan Medan Area kembali keluar sebagai juara umum MTQ ke51 Tingkat Kota Medan tahun 2018 di Lahan Eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (10/3) malam. Ini merupakan kemenangan kedua kalinya yang diraih secara berturut-turut sejak 2017. Selain meraih piala bergilir, Kecamatan Medan Area juga mendapatkan uang pembinaan. Selanjutnya, Kecamatan Medan Marelan ditetapkan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-52 Tingkat Kota Meda n tahun 2019. Di posisi runner-up berhasil direbut juara Kecamatan Medan Barat, sedangkan Kecamatan Medan

Selayang menempati peringkat ketiga. Lokasi acara penutupan dipenuhi pengunjung, tercatat sekitar 10.000 pengunjung yang berasal dari seluruh penjuru Kota Medan. Prosesi penutupan ditandai dengan penurunan bendera disertai penyerahan piala yang dilakukan langsung Walikota didampingi Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi didampingi Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli beserta unsur Forkopimda Kota Medan. Dihadapan ribuan pengunjung, Walikota Medan yang menutup MTQ mengatakan, even pelaksanaan pembacaan ayat suci Alquran yang berlangsung selama sepekan itu

cukup baik dan lancar serta antusiame masyarakat untuk menyaksikannya pun cukup tinggi. Terbukti, setiap malamnya lokasi perlombaan ramai dikunjungi warga. Walikota berharap melalui MTQ, masyarakat dapat memperdalam pengamalan ajaran agama dan nilainilai yang terkandung dalam Alquran. Di samping itu menjadi motivasi bagi masyarakat Kota Medan dalam mencintai dan memedomani Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Walikota juga ingin nuansa kota yang religius harus terus ditumbuhkembangkan di ibukota Provinsi Sumatera Utara tersebut. (put/rol)

Kewaspadaan “Kewaspadaan adalah jalan menuju kekekalan, kecerobohan adalah jalan menuju kematian. Orang yang waspada tidak mengenal kematian, tetapi orang yang ceroboh tidak ubahnya seperti orang yang sudah mati. Dengan menyadari perbedaan itu, orang bijak bergembira dalam kewaspadaan; bergembira dalam jalan para Ariyawan”. Appamada Vagga II: 21 – 22. Di setiap aspek dari kehidupan ini, kita harus senantiasa waspada. Di awali dari bangun tidur, kita harus waspada ke kamar mandi, agar tidak terjatuh karena tergelincir. Dikala makan dan minum, kita juga harus waspada agar apapun yang dimakan dan diminum, lancar dan mulus melalui pencernaan kita. Ketika akan bekerja, kitapun harus waspada mengendarai kenderaan kita agar tidak sampai terjadi kecelakaan, yang bisa saja karena dilanggar atau melanggar orang lain, dan seterusnya. Kita perlu konsentrasi penuh di setiap aktivitas yang akan, sedang dan telah dilaksanakan. Sedikit saja lengah atau lepas dari kewaspadaan, maka kemalangan atau kecelakaanlah yang akan kita alami. Oleh karena itu, selalulah waspada di dalam segala kondisi. Jika tidak, maka yang namanya kesialan/ musibah/kemalangan akan semakin mudah mendera diri kita. “Mereka yang terlena dalam sesuatu yang disenangi, dicintai dan sesuatu yang membahagiakan, niscaya akan dikuasai oleh sesuatu yang tidak disenangi, tidak dicintai dan sesuatu yang menyengsarakan”. Anguttara Nikaya, Navakanipata: 100. Yang waspada itu, hidup. Sedangkan yang tidak waspada, nampaknya hidup tapi sesungguhnya sudah di ambang kematian. Selanjutnya, kita juga harus waspada kepada orangorang yang ada disekitar kita. Kepada siapakah seharusnya kita waspada ??? Kita harus senantiasa waspada, bukan hanya kepada orang-orang asing atau yang tidak dikenal atau musuh-musuh kita, tapi juga kepada orang – orang yang kita rasakan baik atau tidak mungkin mencelakakan diri kita. Karena, orang-orang ini tidak bisa diprediksikan. Bisa saja dikala senang, mereka mencintai atau menyukai kita. Tetapi, beberapa saat kemudian, yang bisa saja karena hatinya lagi kesal, kita dicelakakannya. Ibarat memasak, yang kita katakan aman, tapi begitu kita lengah atau tidak waspada, bisa saja api masakan itu membakar sekujur tubuh kita. Jadi, jangan sekali-kali anggap sepele kepada siapapun juga atau mengatakan bahwa itu tidak mungkin terjadi, karena kita tidak bisa meramalkan apapun yang bakal terjadi sesaat kemudian. Realitanya, apapun bisa saja terjadi di dalam kehidupan ini. Tidak ada, yang tidak mungkin !!! Ingat, semakin percaya diri kita kepada seseorang, maka akan semakin lemah mekanisme pertahanan diri kita terhadap orang tersebut. Dan, ini adalah salah satu penyebab timbulnya bencana yang tidak bisa kita duga atau prediksi. “Waspada tatkala yang lain lengah, terjaga tatkala yang lain terlelap; orang bijak melaju dengan pesat bagaikan kuda tangkas yang meninggalkan kuda lemah di belakang. Karena kewaspadaan, Indra menjadi pembesar di antara para dewata. Kewaspadaan senantiasa dipujikan oleh para bijak, s ebaliknya kelengahan selalu dicela”. Appamada Vagga II: 29 – 30. Orang yang selalu waspada, selain akan terhindari dari halhal yang tidak diharapkan, hidupnya juga akan senantiasa damai dan bahagia. Jadi, selalulah waspada di setiap derap langkah yang di lalui, agar hidup kita terbebas dari hal-hal yang tidak dihara pkan. “Janganlah [gampang] mempercayai orang yang telah berbuat jahat. Janganla yai orang yang omongannya serampangan. Janganlah mempercayai orang yang hanya mementingkan diri sendiri. Terhadap orang yang bersikap terlalu tenang pun, janganlah [gampang] mempercayainya”. Khuddaka Nikaya, Jataka I: 1422. Waspadalah selalu, baik dikala aman maupun tidak aman. Dan, juga jangan sekali-kali meremehkan hal-hal yang kecil dengan mengatakan bahwa hal tersebut : “Tidak mungkin terjadi atau mencelakakan diri kita” Ingat, kita tidak akan pernah terjatuh atau tergelincir oleh batu besar, tetapi oleh kerikir-kerikir kecil. “Janganlah [gampang] mempercayai orang yang tidak akrab. Kendati akrab, tidak seharusnya gampang dipercayai. Karena [gampang] mempercayai, bahaya akan datang mengikut”. Khuddaka Nikaya, JATAKA I: 93. Sabbe satta sabba dukkha pamuccantu – sabbe satta bhavantu sukhitata : semoga semua makhluk terbebaskan dari derita dan semoga semuanya senantiasa berbahagia, sadhu.. sadhu,..sadhu,..

3


4

senin 12 maret 2018

PENTAS PILKADA RaPIMnaS PaRTaI BeRKaRYa. Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto (ketiga kiri) didampingi Ketua Umum Neneng A Tuti (kedua kiri), Ketua Dewan kehormatan Muchdi PR (kanan) dan Ketua Dewan Pertimbangan Tedjo Edhy Purdijatno (kiri) memukul gong saat pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III Partai Berkarya di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/3).

Tommy Soeharto Resmi Jadi Ketua Umum Partai Berkarya

Antara | Mohammad Ayudha

Kapolri Usul Istilah Tahun Politik Diganti Pesta Demokrasi Yogyakarta | Jurnal Asia Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengusulkan istilah tahun politik yang saat ini ramai dibicarakan diganti dengan pesta demokrasi. Tujuannya, menurut Tito, untuk memberikan ketenangan serta kenyamanan sejumlah pihak terutama pengusaha dan investor. “Istilah tahun politik sepertinya bisa memberikan rasa menakutkan bagi pengusaha, padahal saya yakin pelaksanaan pilkada serentak akan berjalan baik,” kata Tito saat Dialog Nasional ke-8 Indonesia Maju di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Minggu (11/3).

Hadir dalam dialog itu, Menhub Budi Karya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, serta Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kapolri mengatakan, penyelenggaraan Pilkada Serentak 2019 yang akan dilaksanakan tahun ini tidak seharusnya ditakuti oleh pengusaha dan investor yang berusaha di Indonesia, karena situasi keamanan dijamin kondusif. Pihak kepolisian, katanya, telah memetakan kondisi keamanan di seluruh daerah. Dirinya juga telah memerintahkan kapolda dan kapolres

untuk terus memantau dengan jaringan intelijen yang ada. “Kalau tidak menjalankan perintah, saya tidak segan akan mencopot yang tak mampu mencegah kerusuhan,” kata Tito. Dia mengakui, stabilitas politik dan keamanan memang menjadi faktor penting dalam meningkatkan perekonomian nasional. Namun, kepolisian menjamin faktor itu agar target pertumbuhan ekonomi tercapai. Hal lain yang perlu diperhatikan juga, kata Tito, adalah jangan sampai suatu pemerintahan jatuh secara inkonstitusional atau selesai sebelum waktunya. (rep/rol)

Hati Emas Gelar Kegiatan Sosial Medan | Jurnal Asia Komunitas relawan Harapan Tionghoa untuk Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Hati Emas) melakukan kegiatan sosial bersih-bersih di Kompleks Asia Mega Mas, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Medan Area, Minggu (11/3). Acara bertajuk Hati Emas Kota Bersih ini bertujuan untuk membudayakan hidup bersih kepada warga Medan. Ketua Panitia dan Sekretaris DPW Hati Emas Sumut Sartjipto King didampingi Wakil Ketua Henky Chandra, Ketua DPC Hati Emas Medan Area Edy Tanjaya mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya juga ingin menjawab tuntutan masyarakat yang menginginkan pemimpin bersih di Sumut. “Jadi kegiatan ini merupakan implementasi dari keinginan masyarakat terhadap pimpinan Sumut yang bersih, jujur, berani dan ikhlas menuju Sumut sebagai provinsi bermartabat. Hati Emas menilai sosok yang bisa mewujudkan semua keinginan itu hanya Edy Rahmayadi dan Musa Rajekhah,” kata pria yang akrab disapa Aking ini. Lebih lanjut Aking mengatakan, sebagai relawan Edy Rahmayadi, Hati Emas ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa sosok yang mereka dukung tidak hanya sekadar omong kosong, tapi langsung mengimplementasikannya di tengah-tengah masyarakat. “Kegiatan ini merupakan simbolisasi sikap Edy Rahmayadi yang bersih. Kita tidak hanya sekadar omong kosong, tapi langsung berbuat. Hati Emas yakin Edy Rahmayadi mampu membersihkan semua kotoran yang ada di Sumut untuk mewujudkan provinsi bermartabat,” kata Aking yang menjabat Wakil Ketua DPD Hati Emas Medan. Ke depan, lanjut Aking, pihaknya akan menggilir kegiatan ini ke setiap kecamatan, sehingga Medan menjadi kota yang bersih. Pekan depan giliran Kecamatan Medan Sunggal yang akan melaksanakan kegiatan ini.

Polsek Patumbak Gelar Apel Pemilukada Damai

Jurnal Asia | Ist Relawan Hati Emas foto bersama usai melakukan kegiatan sosial. Sementara itu, Ketua DPW Hati Emas Sumut Goh Kiat Tie mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin mengimbau masyarakat khususnya warga Tionghoa untuk memenangkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah. Alasannya, menurut Goh, pasangan inilah yang bisa mewujudkan Sumut bermartabat, terutama menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi warga. “Keamanan merupakan faktor penting kemajuan di segala bidang, terutama perekonomian,” kata Goh. Goh mengaku, mengenal dekat keduanya. Edy Rahmayadi merupakan igur yang tegas dan telah banyak berbuat untuk Sumut saat menjabat Pangdam I/BB. Sedangkan Musa Rajekshah merupakan pengusaha muda, santun dan juga tokoh olahraga di Sumut. “Keduanya saya nilai mampu saling mengisi dan melengkapi dalam memimpin Sumut. Inilah yang membuat saya berani menjamin kualitas kepemimpinan mereka dan mengimbau warga

Solo | Jurnal Asia Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto resmi ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Berkarya periode 20172022. Tommy diputuskan menjadi orang nomor satu di partai baru tersebut dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-III Berkarya di Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/3). “Menetapkan bapak Haji Hutomo Mandala Putra SH sebagai Ketua umum DPP Partai Berkarya periode 2017-2022, sesuai dengan periode SK Menkumham tahun 2017,” kata Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang membacakan keputusan tersebut. Badaruddin mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah mendengarkan pandangan dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya seluruh Indonesia. Pengangkatan tersebut tercatat dalam Keputusan Rapimnas ke-III Partai Berkarya Nomor 07/Keputusan/Rapimnas III Partai Berkarya/3/2018. Tommy terpilih menjad Ketua Umum Partai Berkarya secara aklamasi diberikan hak penuh sebagai formatur tunggal untuk menyusun dan melengkapi kepengurusan DPP periode 20172022 sesuai dengan AD/ART dengan masa waktu tujuh hari dan pelaksanaan Rapimnas III. “Dengan demikian kepengurusan ketua umum sebelumnya dinyatakan demisioner,” tuturnya. Setelah tak ada interupsi dari para peserta Rapimnas, Badaruddin pun langsung mengetuk palu sidang tanda disahkannya Tommy menjadi Ketum Umum Partai Berkarya. “Tok, tok, tok,” yang disambut tepuk tangan para kader Berkarya. Badaruddin pun menskors sidang untuk mempersiapkan agenda selanjutnya yakni penutupan Rapimnas. Menurut dia, Tommy selaku Ketua Umum Partai Berkarya yang baru bakal memberikan pidato politik sebelum menutup Rapimnas yang digelar sejak kemarin. Sebelumnya Tommy menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya. Dengan demikian akan terjadi perubahan sejumlah susunan kepengurusan dalam partai hasil gabungan Partai Beringin Karya dan Partai Nasional Republik itu. (cnn/rol)

Tionghoa untuk memenangkan pasangan Eramas,” katanya. Hal sama dikatakan Ketua DPD Hati Emas Kota Medan, Rudi Arif. Ia yakin Edy sangat mampu bertindak tegas terhadap pihak-pihak yang ingin menghambat kemajuan di Sumut. Terlebih Hati Emas sudah punya komitmen tidak hanya mengantar Edy Rahmayadi menjadi Gubernur Sumut, tapi juga mengawal kepemimpinannya. “Edy Rahmayadi merupakan figur yang terbuka dan sangat kompromistis terhadap pihak-pihak yang menginginkan kemajuan Sumut. Di satu sisi beliau juga tegas dan berani. Sosok seperti inilah yang bisa membuat Sumut bersih dari semua penyakit masyarakat seperti korupsi, kejahatan jalanan dan pihak-pihak yang mencari keuntungan pribadi dengan mengorbankan kepentingan masyarakat,” katanya. Acara itu juga dirangkai dengan pemberian puluhan tenda kepada abang beca dan senam sehat. (isvan/ril/rol)

Medan | Jurnal Asia Kepolisian Sektor (Polsek) Patumbak menggelar Apel Pemilukada Damai bertempat di Lapangan Bola Mangga Marendal I, Sabtu (10/3). Kegiatan ini digelar untuk mengajak warga yang berdomisili di wilayah hukum Polsek Patumbak turut menyukseskan pilkada sesuai dengan peran masing-masing. Kapolsek Patumbak, Kompol Yasir Ahmadi SH SIK MH selaku pemimpin apel mengatakan, personel TNI-POLRI agar menjaga netralitas dalam Pilkada. Dia berharap, panitai penyelenggara Pilkada agar melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggungjawab jujur dan adil. “Kami juga mengajak seluruh tokoh masyarakat yang hadir untuk tidak mudah terprovokasi oleh issu SARA dan Politik uang demi menjaga Kamtibmas dalam Pilkada,” ujar Yasir. Kegiatan ini didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pengarahan Irup, penandatanganan spanduk Pilkada Damai, penyampaian seruan Pilkada Damai masing-masing peserta apel, sebelum akhirnya ditutup dengan doa. Hadir dalam acara tersebut, Kapten Inf Bina Sembiring, camat patumbak, ketua PPK Patumbak, ketua Panwaslu Patumbak, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, seluruh kepala desa, seluruh kepala dusun dan para personel Polsek Patumbak. (ial/rol)

Jurnal Asia | Ist PIlKaDa DaMaI. Kapolsek Patumbak Kompol Yasir Ahmadi (tengah) berfoto bersama dengan warga dalam acara Apel Pilkada Damai 2018.


Senin 12 Maret 2018

5

EDUKASI

Di Unimed 31.737 Pendaftar Rebut 2.626 Kursi

1,7 Juta Siswa Gagal Ikut SNMPTN 2018 Medan| Jurnal Asia Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 telah ditutup. Berdasar data panitia pusat SNMPTN 2018, jumlah siswa yang lulus tingkat SMA sederajat sebanyak 2.374.002. Namun, siswa yang boleh mendaftar hanya 1.033.320. Itu berarti ada 1.340.682 siswa sudah gagal pada tahap pertama. Dari 1.033.320 siswa, yang mendaftar ada 590.830 orang. Namun, siswa yang melanjutkan ke tahap inalisasi hanya 586.154. Artinya, ada 447.166 siswa gagal pada tahap kedua. Dengan demikian, total siswa yang gagal mengikuti SNMPTN sebanyak 1.787.848. “Yang masuk inalisasi tahun ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 517.415,” terang

Ketua panitia pusat penerimaan mahasiswa baru Ravik Karsidi, akhir pekan kemarin. Untuk jalur Bidikmisi, ada 144.781 siswa yang terdaftar. Angka itu meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 131.650 siswa. Ravik menyebut jumlah sekolah juga mengalami peningkatan. Tahun ini jumlah sekolahnya yang mengisi pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) sebanyak 15.860. Jumlah itu meningkat dibanding 2017 yang hanya 14.854 sekolah. “Siswa yang sudah login dan belum melakukan pendaftaran 119.159 orang. Sudah isi pendaftaran dan belum finalisasi sebanyak 4.681 siswa. Mereka ini sudah tidak bisa daftar dan inalisasi karena pendaftaran SNMPTN sudah ditutup,” kata Ravik

Di Unimed Berebut 2.626 Kursi Sementara itu jumlah pendaftar di Universitas Negeri Medan (Unimed) sebanyak 31.737. Dari jumlah tersebut akan dipilih secara objektif sesuai prosedur dan ketentuan dari panitia pusat sebanyak 1500 untuk 48 prodi. Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd mengatakan, jalur SNMPTN akan diumumkan secara online pada 17 April 2018 melalui laman http://snmptn.ac.id. Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd mengatakan, semua program studi di Unimed memiliki peminat yang cukup tinggi. Dari 48 prodi terdata pendaftarnya cukup tinggi. Sedangkan setiap prodi hanya menerima ± 50-100 mahasiswa baru. Memang ada lima prodi dengan jumlah

pendaftar terbanyak yang menjadi favorit bagi pendaftar jalur SNMPTN 2018, yakni PGSD, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Akuntansi dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Prof Syawal, jumlah pendaftar terbanyak tersebut mengindikasikan prodi tersebut memang sangat diminati oleh masyarakat. Bisa jadi berkorelasi dengan peluang kerja setelah lulus nantinya. “Kita akan terus menata segala lini untuk kemajuan Unimed menjadi universitas terbaik, bermutu dan berdaya saing. Upaya kesungguhan dan keseriusan memberikan hasil gemilang dengan meraih A untuk akreditasi institusi termasuk 48% akreditasi prodi juga akreditasi A,” katanya. (swisma/Rep)

Sofyan Tan Sosialisasi Pendidikan Politik ke Siswa SMK

Jurnal Asia | Ist DIABADIKAN. Sejumlah anggota DPRD Kampar Riau diabadikan dengan Rektor dan unsur pimpinan UMSU saat mengunjungi Fakultas Kedokteran universitas tersebut di Jalan Gedung Arca, Medan.

Terima Kunjungan DPRD Kampar

Jajaki Kerjasama Pengadaan Dokter Spesialis Medan | Jurnal Asia Sejumlah anggota DPRD Kampar Riau mengunjungi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) di Jalan Gedung Arca, Medan, Sabtu ( 10/3). “Kita menerima kunjungan kerja dan sharing informasi anggota DPRD Kampar Riau itu terkait penjajajakan kerjasama pengadaan dokter spesialis dalam mewujudkan RSUD Bangkinang menjadi tipe B,” kata RektorUMSU Dr Agussani MAP. Agussani menyebutkan kunjungan itu merupakan sebuah kehormatan bagi UMSU, karena semakin dikenal dan dipercaya masyarakat, bukan saja di Sumut tapi juga dari daerah lain. Kepada tamu ia memaparkan secara singkat proil UMSU yang merupakan salahsatu Perguruan Tinggi milik Muhammadiyah (PTM) yang terkemuka di negeri ini dan menjadi salahsatu PTS favorit terbesar di Sumut. “Capaian yang kita raih tentunya tidak muncul begitu saja. Prestasi ini merupakan buah dari perjuangan dan kerja keras yang tidak henti dan menjadi ikhtiar kita bersama,” jelas Agussani. Agussani mengungkapkan, salahsatu rahasia kesuksesan UMSU selama ini adalah tidak terlepas dari konsistensi sistem dan mekanisme pengelolaan Perguruan Tinggi yang diterapkan persyarikatan Muhammadiyah. Bagi UMSU yang kini memiliki student-body 21. 436 mahasiswa,

lanjut Agussani, provinsi Riau menjadi catatan tersendiri, karena menjadi 5 besar daerah penyumbang terbesar mahasiswa UMSU. “Dari jumlah 603 mahasiswa FK UMSU itu 107 berasal Riau, dan12 orang berasal dari Kampar. Sedangkan alumni FK UMSU yang berasal dari Riau itu 15 orang dan 1 orang dari Kampar,” sebutnya. Sejauh ini FK UMSU sudah berhasil membangun jaringan kerjasama dengan pelbagai institusi, terutama dengan jejaring Rumah Sakit dan Rumah Sakit Pendidikan. “Sekarang ini UMSU telah memeiliki 1 Rumah Sakit Pendidikan, 4 Rumah Sakit jejaring dan tambah satu lagi tipe C,” jelasnya. Sementara itu juru bicara rombongan DPRD Kampar Hendra Yani SE MM mengungkapkan kunjungan mereka ini merupakan salahsatu tindaklanjut dari Bupati Kampar yang beberapa waktu lalu mengunjungi UMSU. Kunjungan kerja yang mereka lakukan ke FK UMSU merupakan upaya konkrit mewujudkan agenda untuk meningkatkan status akreditasi RSUD Bangkinang dari C menjadi B. ”Selain pembenahan infrastruktur, sebagai prasarat untuk mencapai akreditasi B, setidaknya RSUD Bangkinang masih membutuhkan 5 orang dokter spesialis,” ujar Hendra seraya menyebutkan kunjungan kerja ini mereka akan menjajaki sejumlah peluang kerjasama yang diharapkan bisa direalisasikan. (swisma)

Medan | Jurnal Asia Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dr Sofyan Tan melakukan sosialisasi pendidikan politik ke siswa Kelas XII SMK Taman Siswa Galang Deliserdang, kemarin. Menurutnya, melalui Komisi X mereka berhasil membuat kebijakan untuk menyalurkan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 17 juta anak Indonesia. Khusus di Sumut yakni Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, Tebingtinggi, Sofyan Tan berhasil menyalurkan 81ribu beasiswa PIP dan beberapa diantaranya telah diterima murid di Taman Siswa Galang. Karena itu, katanya, jangan anti untuk berpolitik. Sebab politik dalam arti positif bisa menjadi ikhtiar atau upaya dalam mempengaruhi kebijakan yang berpihak ke rakyat. Semua siswa yang bersekolah saat ini jangan malu untuk bercita-cita menjadi politisi dan anggota DPR. Ke depan, ia berharap melalui dunia pendidikan akan lahir generasi pintar dalam memanfaatkan serta mengelola sumber daya yang ada di Indonesia. Terutama dalam mengembangkan teknologi pertanian untuk meningkatkan produktiitas di lahan yang mulai terbatas. Selain itu menguasai ilmu kemaritiman agar nelayan bisa sejahtera dengan hasil laut yang melimpah tanpa diambil dan dicuri negara lain. Serta berharap lahir generasi yang mampu mengelola pariwisata di daerah menjadi potensi pemasukan terbesar bagi negara. (netty/swm)


6

senin 12 maret 2018

PERISTIWA

Kebakaran Hanguskan Satu Unit Rumah

Jurnal Asia | Hendra Tanjung BeNtROKaN. Polisi mengamankan sejumlah pemuda dari lokasi bentrok lahan garapan di Jalan Jati Rejo, Dusun I, Desa Sampali, Percut Sei Tuan.

Dipicu Lahan Garapan

Dua OKP Baku Hantam, Satu Terluka Medan | Jurnal Asia Dipicu klaim lahan garapan di Jalan Jati Rejo, Dusun I, Desa Sampali, Percut Sei Tuan, dua organisasi kepemudaan (OKP) terlibat baku hantam. Dalam peristiwa itu empat orang diamankan dan satu orang terluka, bahkan sejumlah senjata tajam turut diamankan, Minggu (11/3). Peristiwa bentrok membuat warga sekitar ketakutan itu, terjadi sekira pukul 15.00 WIB. Data yang dihimpun Jurnal Asia di lokasi, bentrokan itu dipicu klaim lahan garapan oleh kelompok OKP, dua huruf dan tiga huruf. Salah satu kelompok mengklaim jika lahan garapan di lokasi kejadian merupakan miliknya. Tidak adanya titik temu, membuat kedua kelompok pemuda itu terlibat cekcok mulut hingga berujung perkelahian. Dengan membawa senjata tajam seperti belati, ketapel, anak panah besi dan samurai, kedua kelompok itu akhirnya terlibat baku hantam. Meski semula personil polisi dari Polsek

Percut Sei Tuan yang tengah berpatroli datang ke lokasi dan melerai serta membubarkan, namun seruan itu tidak diindahkan oleh kedua kelompok pemuda itu. Akhirnya tenaga tambahan didatangkan dari unit Reskrim Polsek Percut Sei Tuan, yang dipimpin langsung Kapolsek Kompol Hartono, serta Wakapolsek, AKP Junaidi. Empat orang dari kelompok dua huruf, satunya mengalami luka di kepala yang diduga terkena senjata tajam, berhasil diamankan berikut barang bukti sejumlah senjata tajam. Selanjutnya keempat pria itu dengan mobil patroli polisi dibawa ke ke kantor polisi. Sedangkan yang mengalami luka dibawa ke rumah sakit terdekat guna mendapatkan perawatan medis. Data yang diperoleh, identitas keempat pria dari kelompok pemuda dua huruf yang diamankan itu yakni, Sarwan, Suherdi, Yusuf dan Ahmansyah. Sedangkan yang terluka dan kini mendapatkan perawatan medis bernama

Yusuf. Hingga Minggu malam pukul 19.40 WIB, lokasi dijaga ketat oleh puluhan personil shabara dari Polrestabes Medan, guna melakukan penyisiran dan mengantisipasi akan terjdinya bentrokan susulan. “Empat orang dari satu kelompok sudah diamankan. Selain itu barang bukti berupa pisau, puluhan anak panah besi, ketapel dan samurai dan pedang turut diamankan. Saat ini situasi sudah aman dan terkendali dan kini masih dalam penjagaan ketat yang dibantu personil shabara dari Polrestabes, Medan. Langkah selanjutnya kita akan memanggil kedua belah pihak untuk dilakukan mediasi dan berharap tidak terjadi bentrokan susulan. Kini korban luka ada dua orang dari kedua kelompok dan sudah mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Joko, Desa Saintis, Percut Sei Tuan,” sebut Kompol Hartono di lokasi kejadian saat diwawancarai. (hendra/hut)

Mayat Bayi Terapung di Sungai Percut Medan | Jurnal Asia Nuriman (48), warja Jalan Benteng, Desa Sampali, menemukan mayat bayi perempuan terapung di aliran sungai Jalan Pelaksanaan, Dusun I Kamboja, Desa Lau Dendang, Percut Sei Tuan. Nuriman, yang setiap harinya mencari barang bekas (Pemulung) menemukan mayat itu pada Sabtu (10/3) sekira pukul 07.30 WIB, ketika dirinya berada di pinggir sungai. Semula Nuriman menyangka jika mayat bayi yang dilihatnya terapung itu boneka dari kejauhan. Lantaran penasaran, ia pun berjalan untuk mendekatinya. Lantas ia mengambil kayu yang sudah dipasangi jaring untuk alat mulungnya dan mengambil boneka yang semula ia kira. Ketika benda itu berada di atas, ia sontak kaget karena boneka yang ia sangka adalah mayat bayi perempuan. Kemudian Nuriman meletakkan temuannya itu di atas beton pipa air. Lalu sejenak ia pergi memberitahukan hal itu kepada istrinya. Bersama istri, temuan mayat itu diberitahukan kepada N Kusno, selaku Kepala Dusun (Kadus) setempat. Selanjutnya

disampaikan ke pihak Polsek Percut Sei Tuan. Tak lama polisi dan petugas Tim Inavis dari Polrestabes, Medan datang kelokasi guna melakukan olah tempat kejadian perkara dan

identiikasi terhadap mayat bayi perempuan itu. Lalu mayat bayi itu dievakuasi ke rumah sakit guna kepentingan visum serta bahan penyelidikan polisi. (hendra/hut)

Jurnal Asia | Hendra Tanjung Petugas kepolisian dan Tim Inavis saat berada di lokasi penemuan untuk mengidentiikasi mayat bayi perempuan yang ditemukan.

Medan | Jurnal Asia Sejumlah warga yang sedang terlelap tidur, Minggu (11/3) dinihari dikejutkan dengan peristiwa kebakaran di Jl Danau Pengayoman Gg Ektrata Lingkungan I Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat. Tak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa kebakaran ini, namun 1 unit rumah semi permanen milik Osmar Nainggolan ludes dilahap si jago merah. Salah seorang warga sekitar, Robert (32) menjelaskan, saat kejadian dirinya mendengar suara teriakan kebakaran. “Baru mau tidur aku, dengar suara menjerit kebakaran, kebakaran, begitu keluar rumah rupanya api sudah besar,” ujarnya kepada wartawan. Ia menyatakan dalam kondisi panik, warga lalu membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya, seraya menghubungi petugas pemadam kebakaran Kota Medan. Tak lama kemudian, sekitar 6 unit mobil armada merah tiba di lokasi dan langsung berjibaku menyemprotkan air untuk memadamkan api. Butuh waktu 1 jam lamanya, petugas akhirnya berhasil meredakan amuk si jago merah. Manajer Pusdalops BPBD Medan M Yunus kepada wartawan mengatakan kebakaran mengakibatkan 90 persen bangunan ludes terbakar. “Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa ini, kejadian kebakaran sekitar pukul 02.50 WIB, dan api dipadamkan pukul 03.49 WIB,” ujarnya. Ia mengatakan penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak berwajib. “Sumber titik api belum diketahui, masih dalam penyelidikan,” pungkasnya. (bowo/hut)

Polisi dan BNN Seser 3 Lokasi Hiburan Malam Puluhan Pengunjung Terjaring Medan | Jurnal Asia Akhir pekan kemarin, petugas gabungan Polrestabes Medan bersama dengan BNNP Sumatera Utara (Sumut) menyeser 3 lokasi hiburan malam di Medan. Alhasil, dalam razia ini petugas gabungan mengamankan puluhan orang setelah dilakukan tes urine positif narkoba. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, puluhan pengunjung ini kemudian diboyong ke Sat Res Narkoba Polrestabes Medan. Informasi dihimpun wartawan, petugas awalnya mendatangi Pronto Bar N Resto, Jl Abdullah Lubis Medan. Disitu petugas mengamankan 16 pengunjung yang terbukti positif narkoba (tes urine). Usai melakukan razia di Pronto Bar N Resto, petugas melanjutkan razia di Monkey Bistro and Bar, yang berada di Jl Imam Bonjol Medan. Pantauan wartawan di lokasi Monkey Bistro and Bar, tak ada satu pun pengunjung yang diamankan, karena tidak ada yang positif menggunakan narkoba saat dilakukan test urine kepada para pengunjung. Pengunjung NZ Panik Usai melakukan razia terhadap tempat hiburan malam di Pronto Bar N Resto, Jl Abdullah Lubis Medan dan di Monkey Bistr and Bar, yang berada di Jl Imam Bonjol Medan, Minggu (11/3) dini hari. Petugas gabungan dari Polrestabes Medan dibantu dengan BNNP Sumut, melanjutkan razia terhadap tempat hibutan malam New Zone (NZ) Entertainment di Jl Wajir, Medan. Kedatangan petugas ini membuat para pengunjung yang sedang asyik dugem, berhamburan untuk menyelamatkan diri. “Razia...Razia... Cepat lari!” teriak para pengunjung NZ. Namun sayangnya, jerih payah para pengunjung untuk menyelamatkna diri sia-sia belaka karena petugas gabungan telah tiba di pintu depan NZ. “Mau kemana kalian, masuk dulu kalian semua, jangan ada yang keluar,” ucap salah seorang petugas. Alhasil, Dari lokasi tersebut dan berdasarkan hasil test urine dari pihak BNNP sebanyak 24 orang pengunjung diamankan yang terbukti positif narkoba. Diamankannya puluhan pengunjung setelah petugas BNNP Sumut melakukan test urine yang digelar langsung di TKP dan pengunjung yang terbukti positif mengonsumsi narkoba dibawa ke Sat Narkoba Polrestabes Medan untuk menjalani pemeriksaan. (bowo/hut)


SENIN 12 MarEt 2018

7

NASIONAL

Kapolri Imbau Taksi Online-Konvensional Akur

Antara| Yulius Satria Wijaya PRESIDEN HADIRI RAPIMNAS PARTAI DEMOKRAT. Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berjabat tangan dengan Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) disaksikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2018 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. Rapimnas tersebut membahas kesiapan Partai Demokrat dalam menghadapi Pemilihan Umum 2019.

SBY Geram

Banyak Kader tak Hadir Rapimnas Demokrat Bogor | Jurnal Asia Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat uring-uringan saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Demokrat, Minggu, 11 Maret 2018. Ia mendapat laporan tentang kader yang absen hadir di acara itu, tanpa alasan yang jelas. “Kalau tanpa ada alasan yang sah (enggak hadir), masih cocok enggak sebagai kader? Saya sudah minta Ketua DPC, kalau dua hari tidak hadir (kadernya), diganti saja,” kata SBY di Sentul, Jawa Barat. Menurutnya, kader yang absen tanpa keterangan yang jelas, melanggar prinsip disiplin.

Tak ada toleransi dari SBY terkait perilaku kader seperti itu. Sikap serupa juga ditegaskan pada anggota legislatif dari Demokrat. “(Dari) Fraksi DPR RI, yang dua hari tidak hadir tanpa alasan yang sah, tidak perlu kita calonkan lagi,” geram SBY. Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan mendukung pernyataan SBY. Sebab partai sebagai sebuah organisasi, punya aturan yang harus ditaati. Terutama menyangkut kegiatan berskala nasional. Dalih Hinca, kedisiplinan ini merupakan salah satu cara membangun solidaritas partai. “Oleh karena itu, kita melakukan cek tadi siapa saja yang hadir. Ternyata semua hadir, tapi

memang telat. Karena hotelnya di Jakarta. Itu saja. Semua sudah masuk enggak ada masalah. Ini soal teknis saja,” katanya. Lebih lanjut Hinca menampik tudingan miring terkait penolakan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai motif ketidakhadiran para kader. Mengingat ada yang menyebut sebagian kalangan di Demokrat tak setuju AHY dimunculkan saat Rapimnas. “Itu enggak ada hubungannya. Itu soal internal kami, sedang bicara soal disipilin mengikuti organisasi. Semua harus duduk mendengarkan arahan dan semua acara, selama rapimnas berlangsung,” tandasnya. (mtv)

Masyarakat Jangan Khawatirkan Ekonomi RI Bantul | Jurnal Asia Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta masyarakat tak mengkhawatirkan ekonomi indonesia. Ia menuturkan jajaran kementerian keuangan terus bekerja dengan baik untuk mengawal perekonomian Indoneai agar bermanfaat bagi rakyat. “Angka kemiskinan berada di titik terendah 10,12 persen. Gini rasio menurun dan pembangunan infrastruktur bisa berjalan untuk menopang perekonomian,” kata Sri Mulyani dalam acara Dialog Nasional 8, Indonesia Maju di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Minggu, 11 Maret 2018. Di saat pertumbuhan ekonomi di atas lima persen, utang pemerintah Indonesia pada Desember 2017 sebesar Rp3.938,7 triliun setara dengan rasio 29,2 persen dari PDB Indonesia. Menurut dia, hal itu tidak menjadi larangan karena aturan negara membolehkan utang selama masih di bawah 30 persen PDB. Sri Mulyani juga sempat menyinggung sejumlah negara seperti Jepang dan Amerika yang memiliki utang cukup besar. “Kalau lihat utang, lihat seluruh APBN dan juga seluruh perkembangan ekonomi. 2016 saya balik ke Indonesia dan mengurangi anggaran belanja. Pengelolaan APBN se-prudent mungkin,” ungkapnya. Ia menegaskan Kementerian Keuangan melakukan pengelolaan keuangan sesuai prinsip dan dengan pertimbangan dan tidak ngawur.

Prinsipnya alokasi keuangan, lanjutnya, didasarkan distribusi dan stabilisasi. “APBN hanya sebagai instrumen. Utang juga alat. Untuk mendorong investasi, pemerintah juga mengupayakan stabilitas keamanan, kepastian hukum, dan penegakan hukum yang tegas,” kata dia. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menambahkan polisi memiliki andil dalam perekonomian negara. Sebab, keamanan berpengaruh dengan iklim perekonomian di suatu negara. “Pertumbuhan ekonomi kita di atas lima persen. Persaingan dunia sekarang bukan militer, tapi ekonomi. Siapa yang ekonomi kuat akan mendominasi,” ujar dia.

Ia memiliki keyakinan Indonesia bisa menjadi kekuatan ekonomi dunia. Sebab, Indonesia populasi besar (angkatan kerja), sumber daya melimpah, dan luas wilayah yang besar. “Kepolisian membantu menjaga stabilitas politik dan keamanan, menangani konflik sosial, kasus-kasus di lapangan, dan narkotika,” ungkapnya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan pihaknya menopang pertumbuhan perekonomian dengan beragam pembangunan infrastruktur. Ia menyebut Pulau Miangas sebagai pulau terluar di perbatasan utara Indonesia bisa terhubungkan dengan pesawat udara. (mtv/put)

Antara | Andreas Fitri Atmoko KAPOlRI Tito Karnavian (kedua kiri), Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kanan) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) memberikan pemaparan saat acara Dialog Nasional bertajuk “Indonesia Maju” di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), DI Yogyakarta, Minggu (11/3).

Yogyakarta | Jurnal Asia Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian meminta seluruh pengemudi taksi online dan konvensional tidak berselisih lagi setelah muncul Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 yang mewajibkan keduanya memiliki SIM A Umum. “Kami mengimbau pengemudi taksi online kemudian taksi konvensional, tolong jangan lagi sampai ribut-ribut yang merugikan baik kedua belah pihak maupun masyrakat,” kata Tito saat meninjau Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi SIM, Polresta Yogyakarta, Minggu (11/3). Tito berharap baik taksi konvensional maupun online dapat bersaing secara sehat dengan mengutamakan kualitas pelayanan kepada para pengguna jasa. “Prinsip silakan berlomba-lomba untuk memberikan keuntungan dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Itu ‘nawaitu’ (niat) yang terpenting,” kata dia. Orang nomor satu di Kepolisian RI itu mengapresiasi langkah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang telah menginisiasi aturan mengenai surat izin mengemudi (SIM) A Umum. Bagi Tito, SIM A umum merupakan solusi jalan tengah yang dapat mengakomodasi kepentingan taksi online maupun konvensional. “Adanya terobosan pemberlakuan SIM A Umum untuk taksi online ini dapat menjadi jalan tengah sehingga semua kepentingan dua belah pihak termasuk masyrakat bisa terakomodir,” kata dia. Tito menyadari bahwa kemunculan taksi online merupakan fenomena global yang tidak bisa terbendung seiring dengan kemajuan teknologi. Namun, di sisi muncul pertanyaan mengenai operasional taksi online yang dinilai bisa merugikan taksi konvensional. “Oleh karena itu jalan tengahnya adalah taksi online yang tadinya mereka tidak memiliki identitas yang jelas, sudah diatur Bapak Menteri Perhubungan melibatkan stakeholder termasuk taksi konvensional dan online yang salah satunya menyepakati pemberlakuan SIM A Umum untuk taksi. Artinya taksi online dianggap sebagai kendaraan umum,” kata dia. (bs/put)

Pemilu Jangan Sampai Mengganggu Kerukunan Cirebon | Jurnal Asia Presiden Joko Widodo kembali berpesan agar hiruk pikuk pemilu baik pemilu kepala daerah, pemilu legislatif maupun pemilu presiden 2019 tidak mengganggu kerukunan antarwarga di daerah masingmasing. “Pilkada, pemilu legislatif, pilpres hanya pesta demokrasi lima tahun, coblos saja, setelah itu ya rukun kembali,” kata Jokowi di hadapan sekitar 3.000 warga penerima sertiikat tanah dari lima kabupaten dan kota wilayah Jawa Barat di Gedung Pertemuan Radian Kabupaten Cirebon, Minggu (11/3). Presiden menyebutkan sebentar lagi ada agenda politik pesta demokrasi yaitu ada pilkada, pemilu legiskatif dan Pilpres 2019. “Saya titip, jangan sampai karena beda pilihan, kita jadi tidak rukun, kita jadi tidak bersaudara, tidak rukun antartetangga, antarkampung, jangan sampai tidak saling sapa hanya karena beda pilihan,” katanya. Ia menyebutkan Indonesia merupakan negara besar dengan beragam suku bangsa, bahasa dan agama. Menurut dia, kondisi tersebut berbeda dengan Singapura yang hanya memiliki empat suku atau Afghanistan yang hanya memiliki tujuh suku. Sementara mengenai penyerahan 3.000 sertiikat pada Minggu ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Sofyan Djalil menjelaskan menjelaskan penerima berasal dari lima kabupaten/kota di Jabar yaitu Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu. (bs/put)


8

senin 12 maret 2018

INTERNASIONAL

Lagi, Tentara Israel Tewaskan Warga Palestina

AFP/GETTY IMAGES DonalD Trump dan Kim Jong-un dijadwalkan segera bertemu. Sebelumnya kedua pemimpin negara ini saling menyampaikan pernyataan sengit.

Strategi AS Berhasil

Trump-Kim Jong Un Sepakat Bertemu Washington DC | Jurnal Asia Keputusan Korea Utara untuk bertemu d e n g a n P r e s i d e n A S D o n a l d Tr u m p menunjukkan keberhasilan strategi isolasi AS terhadap Korea Utara, seperti disampaikan oleh Wakil Presiden AS Mike Pence. Menurut Pence, AS telah membuat kebijakan “sama sekali tidak ada kelonggaran”, dan akan terus melakukan tekanan sampai denuklirisasi tercapai. Kesepakatan untuk menggelar pertemuan puncak yang belum pernah terjadi sebelumnya, membuat para pengamat tertegun. Namun, Gedung Putih kemudian mengatakan Korea Utara harus melakukan “langkah konkret” sebelum pertemuan dilakukan. Baru sebulan yang lalu, Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saling melontarkan pernyataan yang saling menghina. Namun, saat ini Trump telah sepakat untuk melakukan pertemuan setelah Korea Selatan menyampaikan undangan.

Belum pernah ada presiden AS yang pernah bertemu dengan pemimpin Korea Utara. Presiden Trump menulis cuitan bahwa sebuah “kesepakatan dengan Korea Utara tengah dibuat”. Sebelumnya dia memuji langkah tersebut sebagai “perkembangan yang baik”, namun dia mengatakan sanksi akan tetap berlaku sampai dicapai sebuah kesepakatan denuklirisasi. Korea Utara telah menghentikan uji coba rudal dan nuklir selama pembicaraan sebelumnya, hanya dilakukan ketika kehilangan kesabaran atau merasa tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, jelas analis. Sejumlah kalangan mengkhawatirkan rezim Trump akan “jatuh ke dalam perangkap Korea Utara” untuk memberikan konsesi tanpa imbalan yang jelas. Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan presiden akan meminta “langkah konkret dan aksi konkret” dari Korea Utara sebelum pertemuan dilakukan. Dia tidak secara spesiik menyebutkan apa langkah-langkah tersebut, atau menegaskan

kembali bahwa pertemuan akan dilakukan Mei mendatang. Sejauh media milik pemerintah Korea Utara belum melaporkan perkembangan mengenai rencana pertemuan dengan Trump dalam pemberitaannya. Sementara itu di Swedia, sumber diplomat lokal menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho akan mengunjungi mitranya di Swedia dalam waktu dekat. Kedutaan besar Swedia di Pyongyang mewakili kepentingan diplomatik AS, Kanada dan Australia. Wartawan BBC di Seoul Laura Bicker menyebutkan pembicaraan ini merupakan perjudian yang besar karena langkah negara komunis yang tidak mudah ditebak dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengakui bahwa ada banyak rintangan untuk mencapai kesepakatan dengan Korea Utara. Namun jika Moon Jae-in dapat melakukannya dan mengurangi ancaman perang nuklir, dia akan dapat memenangkan Nobel Perdamaian. (dc/van)

Amandemen UUD Lolos

Xi Jinping Bisa Jadi Presiden Seumur Hidup Beijing | Jurnal Asia Parlemen China meloloskan amandemen konstitusi, salah satunya soal aturan masa jabatan Presiden. Dengan amandemen ini Presiden Xi Jinping bisa menjabat seumur hidup. Dilansir Reuters, Minggu (11/3), pengumuman pemungutan suara ini disaksikan oleh para reporter di Great Hall of the People, lolos dengan dua jawaban “tidak”, tiga abstain dan sisanya setuju di antara sekitar 3 ribu delegasi. Partai Komunis China yang berkuasa mengusulkan amandemen ini pada bulan lalu, dan sudah diyakini bakal diloloskan parlemen, yang dipenuhi anggota loyal yang tidak akan menentang usulan tersebut. Menjelang pemungutan suara, kritik di media sosial bermunculan bahkan ada yang mengaitkan dengan sistem dinasti di Korea

Utara. Namun, pemerintah China segera meluncurkan aksi propaganda untuk menangkal kritik-kritik yang bermunculan. Partai loyalis yang menghadiri pertemuan tahunan parlemen mengatakan keputusan itu populer di kalangan masyarakat awam Tionghoa dan menegaskan bahwa China beruntung memiliki pemimpin sekaliber Presiden Xi. Xi memulai periode kedua masa jabatannya sebagai ketua partai pada Oktober dan akan ditunjuk secara resmi parlemen pada akhir pekan ini. Batas masa jabatan periode kedua tertuang dalam konstitusi China setelah kematian Mao Zedong pada 1976 oleh Deng Xiaoping, yang menyadari bahayanya satu kepemimpinan dan pemujaan personal dan malah mendukung kepemimpinan kolektif.

Pemerintah mengatakan bahwa mencabut aturan batas waktu masa jabatan telah melindungi otoritas partai dengan Xi sebagai sentralnya. Media internasional menyebut amandemen konstitusi ini menjadikan presiden Xi mendapat jabatan seumur hidup. Sementara itu, media China membuat propaganda dengan mengatakan pencabutan aturan ini bukan berarti memberi jabatan seumur hidup. Partai ini memberi Xi julukan pemimpin ‘inti’ pada 2016, menunjukkan posisi dan kekuatannya pada waktu yang bersamaan. Meski posisi sebagai presiden tetap penting, posisi Xi sbeagai kepala partai dan kepala militer dianggap lebih penting, dan jabatan ini selalu disebut lebih dulu oleh media pemerintah. Dengan berlakunya amandemen tersebut, sekarang tidak ada satupun pos yang memiliki batas waktu formal. (dc/van)

Nablus | Jurnal Asia Seorang pria Palestina tewas ditembak tentara Israel. Peristiwa ini terjadi menyusul bentrokan warga Palestina dengan warga Yahudi yang menduduki Kota Nablus di Tepi Barat. Dilansir AFP, Minggu (11/3/2018), peristiwa itu terjadi pada Sabtu (10/3) waktu setempat. Informasi tewasnya seorang warga Palestina itu didapat dari sumber pihak medis dan keamanan. Pihak keamanan Palestina mengatakan bentrokan diawali oleh warga pendudukan. Menyusul kemudian, tentara Israel turun tangan dan menembaki warga-warga Palestina. Bulan Sabit Palestina mengidentiikasi pria yang tewas itu sebagai warga kota Urif, usianya 22 tahun. Seorang warga Palestina lain mengalami luka-luka. Pihak tentara Israel mengatakan orang-orang Palestina dari Urif itu mendekati kawasan Yitzhar, memicu “konfrontasi antara orang Palestina dan orang sipil Israel.” Bersamaan dengan kedatangan para tentara Israel, kerusuhan pecah. Tentara kemudian berusaha membubarkan massa yang terlibat kerusuhan. “Kerusuhan telah terpantik, saat tentara menggunakan cara pembubaran kerusuhan dan menembakkan peluru tajam,” kata juru bicara militer Israel kepada AFP. Sebelumnya, yakni Jumat (9/3), seorang warga Palestina juga tewas oleh tembakan israel di kota Hebron di Tepi Barat. Empat orang lainnya terluka dalam bentrokan di jalur Gaza, perbatasan Palestina dengan Israel. (dc/van)

Pesawat Latih Jatuh Dua Orang Tewas Bangkok | Jurnal Asia Sebuah pesawat latih jatuh di kawasan perkebunan karet di Phuket, Thailand. Sedikitnya dua orang tewas dan dua orang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden ini. Seperti dilaporkan media lokal Thailand, The Nation dan dilansir Channel News Asia, Sabtu (10/3), pesawat latih ini jatuh pada Sabtu (10/3) pagi sekitar pukul 10.20 waktu setempat. Insiden ini terjadi saat pesawat ringan ini hendak mendarat di Phuket Airpark, lapangan udara privat di distrik Thalang. Dua orang dipastikan tewas dalam insiden ini. Keduanya diidentifikasi sebagai pilot Wattana Thinphang-nga dan seorang guru dari Thalang Technical College yang diidentiikasi sebagai Narin. Dua orang lainnya mengalami luka-luka serius. Media lokal The Bangkok Post melaporkan kedua korban luka dilarikan ke Rumah Sakit Vachira. Kedua korban luka yang terdiri atas seorang pria dan seorang wanita ini merupakan siswa dari Thalang Technical College. The Nation menyatakan keempat korban dalam insiden ini berkewarganegaraan Thailand. Penyebab jatuhnya pesawat ini masih diselidiki lebih lanjut. Foto-foto dari lokasi kejadian menunjukkan bagian depan pesawat latih ini hancur parah, namun bagian ekor masih utuh. (dc/van)

Twitter/Bernama KonDisi pesawat latih yang jatuh di Phuket.


Senin 12 Maret 2018

9

bisnis Jadwal Penerbangan Penerbangan Jadwal Bandara Kualanamu Senin, Kamis,12 18Maret Februari 2018 2016

Garuda Indonesia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta GA 181 Jakarta GA 183 Jakarta GA 197 Jakarta GA 185 Jakarta GA 187 Jakarta GA 189 Jakarta GA 121 Jakarta GA 191 Jakarta GA 193 Jakarta GA 195 Banda Aceh GA 280 Surabaya GA 288 Palembang GA 266 Denpasar (via Palembang) Batam GA 270 Lampung (via Batam) GA 270 Lhokseumawe GA 7124 Sibolga GA 263 Sabang GA 7112 Gunung Sitoli GA 7116 Silangit GA 7136 Singapura GA 850

05.20 09.00 10.10 11.15 12.20 14.05 16.05 17.00 18.35 20.35 16.10 06.00 06.30 GA 266 09.20 09.20 09.55 07.30 08.50 07.00 13.20 13.30

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Banda Aceh Surabaya Palembang 06.30 Batam

GA 180 GA 194 GA 182 GA 184 GA 186 GA118 GA 188 GA 190 GA 192 GA 196 GA 281 GA 289 GA 267

08.00 09.10 10.15 11.20 13.05 15.10 16.00 17.30 19.35 22.10 18.55 19.40 16.30

JAM

GA 271

17.05

Antara | Dhemas Reviyanto BNI LUNCURKAN APLIKASI MOBILE REMITTANCE. Direktur Utama BNI Achmad Baiquni bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk Singapura I Gusti Ngurah Swajaya memperlihatkan aplikasi MoRe jelang peluncurannya, Minggu (11/3). Peluncurkan aplikasi MoRe memberikan kemudahan bagi para PMI yang bekerja di Singapura untuk mengirim uang ke Indonesia secara lebih mudah, murah dan leksibel.

Lhokseumawe Sibolga Sabang Gunung Sitoli Silangit Singapura

GA 7125 GA 262 GA 7113 GA 7117 GA 7137 GA 851

12.15 15.20 12.10 08.20 15.20 11.45

bni Luncurkan Aplikasi Mobile Remitance

Batik Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

09.15 12.45 18.45 05.00 11.00 18.00

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

ID 7015 ID 7013 ID 7021 ID 6884 ID 6886 ID 6890

ID 7014 ID 7012 ID 7016 ID 6881 ID 6885 ID 6891

JAM 18.00 19.35 22.25 10.20 11.50 17.20

AirAsia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

11.10 13.25 18.50 18.30 12.25 15.35 09.10 17.25 20.25 15.50 07.05 06.00

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

QZ 107 QZ 103 QZ 105 AK 299 QZ 123 QZ 125 AK 391 AK 393 AK 395 QZ 155 QZ 8041 QZ 8075

QZ 106 QZ 102 QZ 104 AK 298 QZ 122 QZ 124 AK 390 AK 392 AK 394 QZ 154 QZ 8040 QZ 8074

JAM 13.00 15.25 20.50 18.05 14.50 18.20 08.35 16.55 20.00 20.10 10.35 11.55

Wings Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

06.20 08.10 08.15 09.00 11.30 14.00 10.45 13.20 10.00 07.50 13.30 -

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

IW 1263 IW 1265 IW 1269 IW 1249 IW 1267 IW 1261 IW 1253 IW 1241 IW 1251 IW 1259 IW 1257 IW 1255

07.35 08.35 10.20 11.05 13.35 16.05 12.55 15.35 12.25 09.55 12.15 15.15

IW 1268 IW 1264 IW 1266 IW 1248 IW 1262 IW 1260 IW 1252 IW 1240 IW 1250 IW 1258 IW 1256 IW 1254

Jakarta | Jurnal Asia PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) meluncurkan aplikasi Mobile Remittance atau MoRe yang memberikan kemudahan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Singapura. Fungsinya untuk mengirim uang ke Indonesia. Pengiriman uang melalui MoRe menawarkan pilihan gaya hidup jauh lebih hemat. Tarifnya 5 dolar Singapura per transaksi. MoRe BNI ini diluncurkan pada Acara Semarak Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, Minggu (11/3). Hadir pada acara tersebut Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Rini Soemarno, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura I Gusti Ngurah Swajaya, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, serta Direktur Tresuri & Internasional BNI Panji Irawan. Rini Soemarno menegaskan, manfaat

yang diperoleh dari pengembangan MoRe BNI ini adalah akan mengedukasi pekerja migran Indonesia (PMI) untuk lebih mengenal produk-produk keuangan terkini. Berbagai kemudahan yang diberikan juga akan mendorong PMI untuk lebih rajin menabung. Apalagi MoRe dapat memberikan eisiensi bagi para PMI. Selain itu, data PMI yang sudah masuk di BNI melalui MoRe akan menjadi basis data bagi pemberdayaan PMI lebih lanjut. “Dengan data tersebut BNI dapat memikirkan pemberdayaan lebih lanjut bagi para PMI ini. Harapannya, para PMI akan semakin produktif di Indonesia. Sebaliknya saat dikirim lagi ke luar negeri akan lebih tinggi keterampilannya,” ujar Rini. Achmad Baiquni menambahkan, MoRe disajikan sebagai aplikasi yang memudahkan para pekerja migran dalam mengirimkan uang ke Indonesia. “Dengan MoRe layanan remitansi siap dalam 24 jam dan 7 hari seminggu. Dengan

cara ini PMI sangat leksibel, tidak perlu izin majikan dulu untuk kirim uang,” kata dia. Kini, aplikasi Mobile Remittance sudah dapat diunduh di Google Play Store dan dalam waktu dekat juga di Apple App Store. Proses sign up aplikasi Mobile Remittance tidak mengharuskan user menjadi nasabah BNI. Aplikasi Mobile Remittance menggunakan sistem top-up yang dapat dilakukan melalui BNI Singapore, Singapore Post, transfer ATM, sistem internet banking bank lokal dan segara di 7-Eleven di seluruh Singapura. Sejumlah dana yang sudah di-top-up akan dapat dikirim melalui sistem BNI Smart Remittance ke rekening BNI atau bank lain yang ada di Indonesia yang tergabung dalam jaringan Link, ATM Bersama, maupun Prima. Limit pengiriman uang melalui Mobile Remittance adalah sebesar 1.500 dolar Singapura per hari atau 5.000 dolar Singapura per bulan dengan tarif hanya 5 dolar Singapura per transaksi. (rep/swm)

OJK Bidik 40 BWM Berbasis Pesantren Surabaya | Jurnal Asia Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pengembangan pembiayaan UMKM dan ultra mikro melalui pembentukan Bank Wakaf Mikro (BWM) atau Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) di berbagai daerah. OJK ingin ada setidaknya 40 BWM berbasis pesantren. Pada peluncuran program BMW Al-Fithrah Wava Mandiri milik Pesantren Assalafi Al Fithrah, Surabaya, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan, OJK telah memberikan izin usaha kepada 20 BWM di lingkungan pondok pesantren. Pesantren itu tersebar di Cirebon, Bandung, Ciamis, Serang, Lebak, Purwokerto, Cilacap, Kudus, Klaten, Yogyakarta, Surabaya, Jombang dan Kediri. OJK ingin ada 40 BMW berbasis pesantren kelak. “Dengan pengembangan BWM di lingkungan pesantren, kami harapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi syariah yang berkesinambungan dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta mampu mengurangi ketimpangan dan kemiskinan,” kata Wimboh, akhir pekan kemarin.

OJK akan terus mendorong program BWM ke pesantren-pesantren lainnya agar jumlahnya lebih banyak dan cakupannya lebih luas sesuai arahan presiden. OJK mengharapkan BWM dapat menjadi akselerator pengembangan keuangan syariah nasional. Keberadaan BWM juga merupakan komitmen besar OJK bersama pemerintah dan lembaga amil zakat (LAZ) untuk terus memperluas penyediaan akses keuangan masyarakat, khususnya bagi masyarakat menengah dan kecil. OJK berharap BWM bisa menyediakan akses permodalan bagi masyarakat yang belum terhubung dengan lembaga keuangan formal. Khususnya di lingkungan pondok pesantren yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 28 ribu pondok pesantren di berbagai penjuru Tanah Air. Hingga awal Maret 2018, dari 20 BWM percontohan, pembiayaan telah disalurkan kepada 2.784 nasabah dengan total nilai pembiayaan sebesar Rp 2,45 miliar. Skema pembiayaan dari BWM adalah pembiayaan tanpa agunan dengan nilai maksimal Rp 3 juta dan margin bagi hasil

setara tiga persen setahun. Selain itu, dalam skema pembiayaan BWM juga disediakan pelatihan dan pendampingan. Sedangkan pola pembiayaan dengan pola tanggung renteng secara berkelompok. “Kita tentu ingin pemilik usaha tidak cuma bisa mengakses modal, tapi punya rantai pasok yang baik dan akses pasar,” kata Wimboh usai acara peresmian. BWM tidak diperkenankan mengambil simpanan dari masyarakat. Dia mengatakan, karena fokus lembaga ini adalah pada pemberdayaan masyarakat melalui pembiayaan disertai pendampingan usaha. Lembaga ini juga berstatus sebagai LKMS yang diberi izin dan diawasi oleh OJK. Peluncuran Program BWM Al Fithrah Wava Mandiri di Surabaya merupakan yang kedua kalinya dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya Presiden Jokowi juga meresmikan BWM KHAS Kempek di Pesanten Khas Kempek, Cirebon, Jawa Barat. Wimboh mengatakan, masih ada 18 BWM yang masih menunggu kehadiran Presiden Joko Widodo untuk diresmikan meski telah beroperasi. (rep/swm)


Senin

10 12 Maret 2018

BISNIS

Lion air BERANGKAT KE Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 211 JT 397 JT 207 JT 395 JT 303 JT 201 JT 387 JT 399 JT 383 JT 385 JT 203 JT 305 JT 205 JT 140 JT 295 JT 913 JT 960 JT 902 JT 196 JT 306 JT 396 JT 231 JT 131 JT 970 JT 957 JT 988 JT 932 JT 972 JT 977 JT 134 JT 132 JT 136

JAM 07.50 08.40 11.50 12.50 13.50 15.20 15.50 17.45 18.00 18.30 20.10 12.40 16.40 06.30 09.00 13.15 08.10 14.50 20.25 06.00 13.00 07.00 09.20 10.00 12.25 12.55 14.50 08.00 09.40 16.15

TIBA DARI Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 210 JT 380 JT 394 JT 302 JT 200 JT 204 JT 306 JT 398 JT 382 JT 202 JT 206 JT 396 JT 212 JT 141 JT 294 JT 911 JT 961 JT 912 JT 397 JT 197 JT 305 JT 130 JT 230 JT 956 JT 971 JT 973 JT 989 JT 974 JT 958 JT 135 JT 133 JT 137

JAM 07.20 08.20 10.20 11.10 12.10 13.10 14.10 14.40 15.10 17.20 18.30 19.45 21.50 15.30 19.30 12.35 19.10 22.15 07.05 11.05 17.40 12.20 19.25 10.50 12.15 16.00 17.10 18.30 19.50 10.20 12.00 18.40

Sriwijaya air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 020 SJ 102 IN 9035 SJ 021

06.05 09.40 08.50 11.30 12.15

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 016 SJ 013 IN 9034 SJ 020

08.10 16.35 11.00 10.45 11.30

Silk air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Singapura Singapura

MI 233 MI 237

08.40 20.05

Singapura Singapura

MI 234 MI 238

07.55 19.20

BERANGKAT KE Subang

Flight FY 3413

JAM 10.50

TIBA DARI Subang

Flight FY 3412

JAM 10.25

Flight 3K 281

JAM 09.05

Firely

Jetstar asia BERANGKAT KE Singapura

Flight 3K 282

JAM 09.45

TIBA DARI Singapura

Wajib Pajak Sumut Bisa Gunakan e-Filling Medan | Jurnal Asia Untuk permudah dalam pelaporan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan bagi Wajib Pajak, maka Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara lakukan layanan secara elektronik melalui e-filing dan e-form. Sistim tersebut dimulai pada 8 Maret 2018. Kepala DJP Sumut I, Muktar mengatakan, layanan informasi ini merupakan layanan tambahan di samping layanan pemberian informasi melalui telepon di Kring Pajak 1500 200. Mukhtar merinci adapun layanan pemberian informasi dan prosedurnya adalah pemberian nomor identitas pelaporan elektronik (Electronic Filing Identiication Number/EFIN). Wajib Pajak yang lupa EFIN dapat menerima EFIN setelah melakukan konirmasi data yaitu: Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nama, alamat terdaftar pada saat registrasi EFIN, alamat email atau nomor telepon seluler terdaftar pada saat registrasi EFIN. “Tahun pajak SPT terakhir (misalnya

SPT terakhir yang dilaporkan adalah SPT pajak 2016 yang disampaikan pada Maret 2017, maka jawabannya adalah 2016,” kata Muktar akhir pekan kemarin Wajib Pajak harus memberikan seluruh data tersebut kepada petugas kring pajak. Apabila data yang disampaikan cocok dengan data yang ada pada sistem DJP, maka Wajib Pajak akan menerima email dari informasi@pajak.go.id yang berisi informasi EFIN dalam ile dengan format PDF yang terproteksi dengan kata sandi yang tercantum dalam email yang sama. Dikatakannya, pemberian informasi kode pembayaran (kode billing) atau kode verifikasi penyampaian SPT bagi Wajib Pajak yang mengalami kendala dalam mendapatkan kode pembayaran (kode billing) atau kode verifikasi penyampaian SPT dapat menerima kode billing dan/atau kode Veriikasi setelah melakukan konir­ masi data sebagai berikut: NPWP, nama , alamat email atau nomor telepon seluler terdaftar pada saat registrasi EFIN, EFIN dan/atau jenis SPT (misalnya SPT masa

PPN, SPT tahunan PPh badan, atau SPT masa PPh) dan masa SPT, atau status SPT (nihil, lebih, atau kurang bayar). “Wajib Pajak harus menyampaikan data NPWP dan paling sedikit dua data lainny a dan jika data yang disampaikan cocok dengan data yang ada pada sistem DJP maka informasi kode billing atau kode verifikasi akan disampaikan langsung kepada Wajib Pajak,” ujarnya. Pemberian informasi melalui Twitter, live chat, dan telepon hanya dapat dilayani selama waktu operasional Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan DJP yaitu setiap hari kerja Senin –Jumat pada pukul 08.00–16.00 WIB. Batas waktu penyampaian SPT Tahunan pajak 2017 adalah 31 Maret 2018 bagi WP orang pribadi dan 30 April 2018 bagi WP badan. Namun penyampaian lebih awal akan lebih baik karena dapat menghindari kemungkinan server overload atau gangguan teknis pada jaringan internet, sehingga wajib pajak terhindar dari risiko terlambat lapor. (we/swm)

Antisipasi Penipuan

Malaysia airlines BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 861 MH 865

09.05 15.5

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 860 MH 864

08.25 15.1

BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 8817 QG 831 QG 837 QG 833 QG 835 QG 143 QG 141 QG884 QG 882 QG 927

06.35 08.40 09.35 18.50 20.25 11.00 18.10 08.50 15.05 12.05

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 830 QG 836 QG 832 QG 834 QG 140 QG 142 QG 885 QG 883 QG 926

08.10 14.35 09.10 19.55 07.15 10.30 08.20 18.15 11.30

Citilink

Jadwal Sewaktu - waktu dapat berubah

Antara | Dhemas Reviyanto DIALOG. Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Sumut I Soni Hermawan, Syahrul Rosya ST MM BKP dan Ketua Pengda AKP2I Sumut Drs Saragitua Simarmata SE MM BKP beri keterangan gathering dan dialog kepada wajib pajak di Plaza Medan Fair Medan.

Nasabah Diminta Rahasiakan Data Perbankan Jakarta | Jurnal Asia PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengingatkan para nasabah agar selalu menjaga kerahasiaan data-datanya. Pasalnya, data-data seperti nomor pin dan nomor Card Veriication Value (CVV) kartu kredit atau kartu debit merupakan kunci masuk untuk mengakses data perbankan. Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra mengatakan, akibat kurang waspada, bisa saja kunci masuk tersebut berpindah tangan ke pihak lain. Dengan begitu orang lain dapat menyalahgunakan data penting tersebut untuk keuntungan pribadi. BCA pun telah menjamin keamanan saat nasabahnya melakukan transaksi, tidak hanya untuk transaksi konvensional, tetapi juga keamanan saat menggunakan internet banking. “Kami selalu mengimbau agar nasabah dan masyarakat mewaspadai berbagai modus penipuan yang menga tas namakan BCA

dan senantiasa menjaga kerahasiaan data perbankan,” kata Jan Minggu, (11/3). Pemegang kartu kredit atau kartu debit, tegas dia, tidak boleh dengan mudah memberikan salinan nomor pin dan nomor CVV serta data pribadi penting lainnya kepada pihak lain. Jan menambahkan, ada beberapa hal penting yang wajib diwaspadai nasabah untuk mencegah terjadinya penipuan. Di antaranya, pertama waspadai permintaan informasi data diri serta perbankan. Segala hal sekarang dengan mudah bisa diperoleh dengan menggunakan aplikasi atau koneksi daring. “Jadi perlu waspada terhadap segala trik yang memperdaya untuk memberikan informasi data diri dan perbankan anda secara detail,” ujar Jan. Informasi seperti nomor KTP, tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, nomor kartu debit atau kredit, tiga nomor belakang (CVV) kartu kredit, atau PIN ATM, dan lain sebagainya, kata

dia, merupakan informasi penting yang harus dirahasiakan. Selanjutnya, kedua hindari penggunaan pin sesuai tanggal lahir. Hal itu karena tanggal lahir bisa sangat mudah dilacak. “Ketiga, hindari transaksi dengan wifi publik. Koneksi atas wii publik bisa saja tidak aman untuk transaksi yang dilakukan,” ujar Jan. Ia menambahkan, hindari juga koneksi otomatis atas wii publik dan gunakanlah wii personal dalam bertransaksi. Keempat, kenalilah produk dan merchant sebelum membayar. Kemudian kelima, perlu diingat kartu kredit hanya digesek sekali. Terakhir, jika ada hal mencurigakan, pastikan untul menghubungi call center resmi. Bila merasa tidak yakin atau curiga dengan transaksi internet atau mobile banking, atau transaksi apapun yang meminta informasi penting seputar diri dan data perbankan, sebaiknya segera menghubungi call center bank penerbit. (rol/swm)


senin 12 maret 2018

11

SAMBUNGAN KPU Sumut ............................. Mulia mengatakan, selain mendampingi JR Saragih melegalisir ijazah, KPU Sumut juga, Senin hari ini, juga akan menghadiri gugatan JR Saragih Di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan di Jalan Peratun Medan Estate. “Digugat juga ke PTTUN mengenai SK Nomor 7 KPU Sumut mengenai penetapan calon (Gubernur/ Wakil Gubernur Sumut) kita hormati gugatan ke PTTUN, ke PTTUN kita ada pengacara,” tukasnya. Seperti diberitakan sebelumnya, sebagian permohonan yang diajukan oleh bakal calon Gubernur Sumut, JR Saragih dikabulkan oleh majelis musyawarah dalam sengketa pencalonan Pilgubsu 2018, Sabtu (3/3) malam. Dalam putusannya, JR Saragih diberi kesempatan selama tujuh hari kerja untuk menyerahkan kembali legalisir ijazah SMA yang baru ke KPU Sumut untuk melengkapi syarat calon. Kendati permohonannya telah dikabulkan sebagian, ternyata balon Gubsu JR Saragih juga menggugat KPU Sumut ke PTTUN Medan. Agenda perbaikan berkas gugatan bernomor 5/G/ Pilkada/2018/PT TUN - Mdn ini dilakukan secara tertutup di salah satu ruangan kantor PT TUN, Jumat (9/3) kemarin. (bowo/put)

Oknum Polres ............................................................................................................. Atas dasar laporan masyarakat, Polres Sergai dan Polsek Perbaungan bergerak untuk mengamankan Abdul Hais ke rumah sakit jiwa. “Keluarga saya juga sudah menyebut kepada polisi, bahwa untuk membawa Hais kembali ke RSJ tidak memiliki dana. Sudah keluar-masuk rumah sakit, tapi dia tak sembuh juga. Saat itu, pihak Polsek dan Polres mengatakan tidak ada masalah. Tapi kemarin, malah kami diminta uang observasi sebesar Rp1 juta. Tentunya keluarga sangat keberatan. Kami bukan orang kaya dan mengenai adik kami ini, memohon maaf sebesar-besarnya atas tingkah lakunya yang sudah meresahkan masyarakat,” kata Rahmad lagi. Menurutnya, pihak keluarga sangat tidak keberatan dan benar-benar setuju, kalau Abdul Hais menjalani penahanan baik itu di RSJ ataupun di kepolisian sampai vonis sidang. Karena untuk menjaga hal-hal tak diinginkan, apalagi nanti dikhawatirkan bila Hafis berkeliaran bisa menganggu ketenangan warga. Apalagi dirinya bisa saja kembali memosting tulisan bernuansa SARA. “Jadi kami pun heran, kenapa oknum Polisi itu minta uang lagi untuk observasi

RSJ. Apakah hal tersebut tidak ditanggung negara. Apalagi adik saya itu ditangkap atas laporan masyarakat. Tentunya sudah menjadi tanggungjawab negara dan pihak kepolisian. Terlepas dia gila atau tidak, hasilnya ada rekam medis RSJ. Kenapa harus kami juga yang membayar? Sungguh tidak masuk akal permintaan uang ini. Apalagi saya ada membaca berita, Kapolri memberi perhatian khusus terkait kasus-kasus orang gila bernuansa SARA,” terang Rahmad Ditambahkan lagi oleh Rahmad, kalau sebelumnya Abdul Hais juga pernah masuk RSJ dan dilepaskan sendirinya oleh pihak rumah sakit. “Dulu pun dia dilepaskan pihak rumah sakit, karena kami terlambat bayar biaya. Seharusnya polisi dan rumah sakit harus lebih bijak menyikapi hal ini. Keluarga juga tak mau ada yang gila, tapi sudah takdir dan mesti dijalani. Sudahlah, tahan saja dia pak, saya mewakili keluarga merelakan,” tandas Rahmad. Terkait kasus ini, Kanit Tipiter Polres Sergai cepat-cepat memberi bantahan. “Sudah lama itu. Dia sekarang dirawat di RSJ Simalingkar. Dia diamankan karena melakukan penistaan agama. Itu kemarin

orang FPI yang keberatan. Mereka buat laporan. Sudah hampir tiga minggu,” ujarnya, saat dihubungi Jurnal Asia, Minggu (11/3) malam. Saat akan ditanya mengenai uang observasi sebesar Rp1 juta yang diduga mereka minta dari keluarga Abdul Haris, Kanit Tipiter cepat-cepat mematikan ponselnya. Dihubungi kembali ke no 0812 7067 6XXX miliknya, HP tersebut sedang dipadamkan. Kasat Reskrim Polres Sergai, AKP Ramadani yang coba dikonirmasi, belum bisa memberikan keterangan mendetail. Ramadani mengaku sedang sakit dan keadaannya sedang diopname. Senada hal di atas, Kapolsek Perbaungan, AKP Ilham Harahap yang dikonfirmasi Jurnal Asia kemarin menyatakan tidak ada biaya untuk observasi. “Tidak ada itu bang, semua ditanggung negara karena laporan masyarakat,” tuturnya. Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting yang sedang berada di Tapsel untuk mendampingi kegiatan Kapolda Sumut mengatakan, pihaknya masih akan melakukan pengecekan kasus ini dan berkoordinasi kepada Kapolres Sergai. (ial/sugi/put)

Kapolri Ancam ......................................................................................................................................................................... Di 171 pilkada serentak, Tito mengatakan ada partai pendukung pemerintah dan partai oposisi banyak yang berkoalisi mendukung satu pasangan calon. Tito menilai hal tersebut dapat mengurangi potensi konlik yang ada. “Rata-rata (partai pendukung dan oposisi) banyak yang crossing, gabung. Potensi kecil tetap ada tapi di wilayah lain, kalau di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, empat komponen itu tak bertemu sehingga insya allah bisa kita kendalikan,” ungkapnya. Selain itu, Tito juga memastikan jajarannya telah berupaya menjaga stabilitas keamanan. Dia pun mengancam akan mencopot anggotanya jika tidak bisa memetakan dan melakukan pencegahan konlik sosial masyarakat yang berdampak terhadap

stabilitas politik dan keamanan negara. Tito juga mengajak masyarakat mewaspadai media sosial karena banyak menyampaikan berita provokasi maupun hoax. “Media sosial ada sisi positif baiknya, tapi faktanya ada kelompok yang terorganisir memanfaatkan untuk kepentingan tertentu. Sampaikan ke publik untuk tidak langsung percaya info di medsos, jangan dicerna mentah mentah, kita tabayyun,” imbuhnya. Ancam Copot Kapolda Kapolri Jenderal Tito Karnavian bakal mencopot anak buahnya yang tidak bisa mencegah terjadinya konlik massal dan konflik sosial di lapisan masyarakat. Hal itu untuk menjaga stabilitas keamanan negara. “Fokus konlik massal dan sosial apalagi dengan latar belakang agama,

SARA tidak boleh terjadi konflik sosial yang bisa memecah bangsa ini, berdampak langsung terhadap stabilitas keamanan negara,” kata Tito Minggu siang Diakuinya, Polri telah memiliki program guna pemetaan potensi konlik sosial dan melakukan langkahlangkah pencegahan. “Agar sistem monitoring intelijen jalan, kalau tak jalan, maka yang bertanggung jawab di intelijen saya copot. Tapi jika sudah ada laporan potensi konlik oleh intelijen, ini akan rawan, Kapolda dan Kapolres tidak mengambil langkah cukup untuk menghentikan, akan kita copot,” tegasnya. Untuk kondisi Indonesia saat ini, Tito mengklaim relatif stabil karena jajarannya aktif menjaga stabilitas

keamanan. Salah satu tujuannya juga untuk membantu pemerintah agar pertumbuhan ekonomi berlangsung baik. Karena, kondisi keamanan suatu negara memiliki korelasi dengan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. “Kita juga bentuk satgas untuk petakan kartel, bentuk satgas pungli, serta ada satgas pendampingan dana desa, ini harus sampai ke rakyat desa, bukan mengawasi tapi memberi pendampingan. Terakhir kita dukung pemasukan negara lebih tinggi, kita bantu bea cukai dan pajak, infrastruktur ada kecelakaan kerja kita bantu pendalaman dan konsultasi,” imbuhnya. Tito juga mengajak untuk tidak menggunakan istilah tahun politik di 2018 ini. Dia lebih menganjurkan

memakai istilah pesta demokrasi. “Pilkada ini jangan kita sebut dengan tahun politik, karena kalau bahasa tahun politik seperti orang takut-takut ini, bahasanya kita ganti pesta demokrasi, party, jadi kita bergembira ria memilih pemimpin,” ujarnya. Selain itu, Tito juga mengajak masyarakat mewaspadai media sosial karena banyak menyampaikan berita provokasi maupun hoax. “Media sosial ada sisi positif baiknya, tapi faktanya ada kelompok yang terorganisir memanfaatkan untuk kepentingan tertentu. Sampaikan ke publik untuk tidak langsung percaya info di medsos, jangan dicerna mentah mentah, kita tabayyun (klariikasi),” imbuhnya. (cnn/put)

KPU Sumut .............................................................................................................................................................................. Dia menjelaskan, kemudahankemudahan dalam memberikan izin penggunaan TKA hanya diperuntukkan bagi yang memenuhi kualifikasi. Artinya, pemerintah tetap tegas bahwa yang tidak memenuhi kualiikasi tetap dilarang masuk seperti TKA untuk pekerjaan kasar. “Kalau yang boleh masuk ya digampangin dong, wong pada dasarnya boleh masuk. Dia punya hak masuk. Kalau yang pada dasarnya tidak boleh ya tidak boleh. Jangan sampai misalnya terbalik-balik, yang boleh malah jadi ruwet perizinannya,” jamin Hanif. Unt uk k e mud ahan t e r s e but salah satu langkah yang dilakukan pemerintah adalah melakukan deregulasi. Hanif memastikan aturan yang mempersulit akan diubah untuk memastikan proses penggunaan TKA lebih mudah. “Misalnya di sektor migas, TKA yang boleh masuk, kalau saya dapat informasi dari Pak Thom Lembong, harus berumur di atas 35 tahun dan tidak boleh melebihi usia 55 tahun. Coba nalarnya di mana?Sementara yang di bawah 35 tahun yang jagoan banyak. Yang di atas 55 tahun berpengalaman kan banyak. Nah ambil

contohnya itu,” paparnya. Hanif menjelaskan, perizinan di Kementerian Tenaga Kerja sejauh ini tidak ada masalah. Bahkan, berkaitan de ngan proses izin penggunaan TKA sudah dapat dilakukan secara online. “Anda bisa daftar TKA online sambil berdiri. Buka TKA-online. kemenaker. com. Tinggal kasih password , tinggal upload syarat. Di Kemenaker tidak ada masalah. Yang kita persoalkan ada di kementerian sektoral,” ujarnya. Terkait pengendalian dan pengawasan yang tidak si nergis, Hanif menjawab, dari hasil rapat koordinasi rencananya akan dibuat surat edaran bersama seluruh kementerian. Surat edaran tersebut untuk menyamakan persepsi terkait penegakan hukum terkait TKA. “Kalau semua sama, misalnya kalau sudah oke untuk masuk semuanya harus memandang oke. Jangan sampai satunya oke, tapi lainnya malah me nang kap. Ini baik pengawas tenaga kerja, imigrasi, kepolisian, atau pemda,” ungkapnya. Menurut Hanif, berdasarkan data 2017, setidaknya 126.000 TKA di Indonesia. TKA tersebut berasal dari Tiongkok, Jepang, Singapura, Malaysia, Amerika, dan Eropa.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, kemudahan izin ini bukan bonus dari pemerintah untuk TKA. Tapi dengan melihat banyaknya proyek triliunan, maka masih dibutuhkan TKA tertentu. “Jadi kita banyak keahlian yang belum cukup untuk mensupport proyek-proyek yang miliaran dolar, kita kasih saja dulu waktu ke mereka,” tu turnya, di JCC, Jakarta, Jumat 9 Maret 2018. Luhut mengakui, tenaga kerja kita saat ini belum bisa berkembang sendiri. Untuk itu, dalam bidang tertentu tenaga kerja kita masih butuhkan pelatihan. “Kita kasih 3-4 tahun sambil dia melatih orang Indonesia untuk menggantikan nantinya, Karena kalau hanya SDM dalam sendiri itu tidak akan proyek cepat selesai dalam bidang tertentu,” tuturnya. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta proses perizinan penggunaan tenaga kerja asing (TKA) dipermudah. Hal ini diungkapkan Presiden saat membuka rapat terbatas terkait penataan TKA di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 6 Maret 2018.

Menurut Kepala Negara, dia sering menerima keluhan bahwa proses perizinan penggunaan TKA masih berbelit-belit. “Pertama saya minta agar proses perizinannya tidak berbelit-belit. Ini penting sekali karena keluhankeluhan yang saya terima perizinannya berbelit-belit,” ujarnya. Presiden Jokowi menjelaskan, adanya investasi akan diikuti dengan masuknya TKA. Karena itu, ujarnya, tenaga kerja asing dengan kualiikasi tertentu masih dibutuhkan dalam proses investasi. “Agar bisa memastikan kepentingan nasional kita, baik kepentingan me ningkatkan daya tarik investasi maupun kepentingan terserapnya tenaga kerja kita di dalam negeri, maka diperlukan penataan terhadap masuknya tenaga kerja asing,” ungkapnya. Karena itu, Presiden meminta agar prosedur perizinan lebih sederhana dan tidak rumit. Hal itu berlaku dalam pengajuan rencana pengajuan tenaga kerja asing (RPTKA), izin penempatan tenaga asing (IPTA), maupun visa tinggal terbatas dan izin tinggal terbatas (VITAS). “Saya minta untuk dijalankan lebih

cepat dengan berbasis online dan dilakukan secara terintegrasi, terpadu antara Kementerian Tenaga Kerja dan Imigrasi di bawah Kementerian Hukum dan HAM,” paparnya. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta agar pengendalian dan pengawasan yang dilakukan secara terpadu. Jokowi mendapati masingmasing instansi berjalan sendiri-sendiri dalam melakukan pengawasan dan pengendalian. “Jangan berjalan sendiri-sendiri. Akan tetapi betul-betul terkoordinasi,” desaknya. Jokowi juga mengaku menerima laporan dari beberapa pengguna TKA terkait proses pengendalian dan pengawasan. Menurut dia, para pengguna TKA merasa terganggu dan tidak nyaman dengan pengawasan yang terpisah-pisah. “Mereka merasa ada sweeping dan yang kita lihat Kementerian Tenaga Kerja jalan sendiri, Imigrasi jalan sendiri, instansi yang lain juga melakukan pengawasan sendirisendiri. Ini yang harus betul-betul kita konsolidasikan, kita koordinasikan, sehingga tidak lagi terjadi hal seperti yang tadi saya sampaikan,” katanya. (oz/put)


12

senin 12 maret 2018

SEREMONI

Kementan Genjot Produksi Kopi Indonesia Jakarta | Jurnal Asia Pemerintah Indonesia memiliki keinginan untuk menambah jumlah produksi kopi. Untuk mencapai itu beberapa langkah dipersiapkan Kementerian Pertanian. Dijelaskan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman, saat ini Indonesia berada di urutan keempat sebagai penghasil kopi terbesar di dunia yang tadinya berada di posisi ketiga. “Sekarang Indonesia urutan keempat (produsen kopi), dulunya urutan ketiga. Kalau bisa kembali ke urutan ketiga. Kuncinya kelembagaannya diperbaiki, kemudian akses perbankannya diperbaiki, produktivitas kita tingkatkan,” ujar Amran usai menghadiri pengukuhan Dewan Kopi Indonesia di Tangerang, Minggu (11/3). Guna merealisasikan rencana tersebut, Amran mengaku akan melakukan pertemuan dengan 41 pengusaha kopi yang akan membahas soal akses perbankan, penyederhanaan

rantai pasokan, hingga penyediaan 11 juta bibit kopi untuk tahun ini. “Nanti kami panggil (pengusaha kopi) dan langsung MoU dengan perbankan. (Dibahas) Apa masalahnya pertama rantai pasokannya, akses perbankannya, biaya untuk petani kemudian pendampingan, bibit unggul,” ujarnya. “Bibit unggul kami siapkan. Itu perintah dari Bapak Presiden. Kami siapkan 11 juta bibit dengan pupuknya gratis tahun ini,” lanjut Amran. Selama setahun kemarin, kata Amran, Indonesia telah menghasilkan kopi sebanyak 700 ribuan ton dengan penghasilan 0,7 ton per hektare. Jumlah itu masih kalah dibandingkan dengan Vietnam yang sanggup menghasilkan 3 hingga 4 ton per hektare­nya. Dengan jumlah lahan yang sama dengan Brasil yakni 1,7 juta hektare, dan jika tingkat produksi setara Vietnam, Indonesia bisa jadi negara penghasil kopi terbesar di dunia. (rep/van)

Workshop Pendidikan Pemakai

Perpustakaan UMSU Konsentrasi Pemanfaatan IT Medan | Jurnal Asia Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UMSU mengadakan ‘workshop pendidikan pemakai’ di ruangan Perpustakaan UMSU, Jalan Muktar Basri Medan, akhir pekan kemarin. Ka. UPT Perpustakaan UMSU Muhammad Ariin MPd menyebutkan, kegiatan itu diikuti para mahasiswa terdiri dari relawan perpustakaan UMSU dan sejumlah mahasiswa dari barbagai fakultas seperti Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Teknik. Workshop yang berlangsung sederhana itu diikuti 20 peserta. Tampil sebagai narasumber pustakawan Azharyandi SSos, Isva Afanura Khairi SSos dan Nurhidayah SSos dengan materi Pendidikan Pemakai Literasi dan Informasi e­Resources Dijelaskan Arifin, materi yang disampaikan bertujuan agar pe­ mustaka mendapatkan pema­ haman lebih tentang pelayanan di perpustakaan. Selain itu cerdas dalam pemanfaatan fasilitas yang ada seperti

penelusuran buku, skripsi/tesis, dan jurnal. Workshop ini merupakan kedua kalinya setelah yang pertama ber­ tepatan dengan peresmian launching 1.000 buku hibah dari Perpunas RI. Arifin berharap para peserta workshop memperoleh ilmu yang diberikan pemateri. Perpustakaan UMSU katanya saat ini konsentrasi pada pemanfaatan perkembangan IT. Hal itu dapat dilihat untuk mengikuti kelas literasi pendaftarannya tidak dilakukan manual tetapi langsung melalui website. “Perpustakaan UMSU ke depan akan terus membangun aplikasi­ aplikasi berbasis online, seperti pengurusan surat bebas pustaka, surat balasan riset dan lainnya,” katanya. Setelah pelatihan ini, kata Ari­ fin diharapkan para peserta dapat tergabung menjadi relawan per­ pustakaan dan mendaftar menjadi mem ber perpustakaan nasional, sebab dalam waktu dekat akan ada MoU dengan Perpusnas RI di Bangka Belitung. (swisma)

Jurnal Asia | Ist TerIMa SerTIFIKaT. Ka. UPT Perpustakaan UMSU Muhammad Ariin MPd (paling kanan) diabadikan usai menyerahkan sertiikat kepada para peserta workshop.

Jurnal Asia | Putra General Manager Hotel Grand Mercure Medan Angkasa, Yoesi Bagus Taruna saat memperingati hari International Women’s Day, menggelar Zumba Class bersama sejumlah karyawan dan staff Ibis Style Pattimura Medan.

Wujudkan Kesetaraan Hak untuk Perempuan Medan | Jurnal Asia Dalam rangka memperingati hari International Women’s Day, Hotel Grand Mercure Medan Angkasa menggelar Zumba Class bersama sejumlah karyawan dan staf Ibis Style Pattimura Medan. Dalam keterangannya kepada Jurnal Asia kemarin, General Ma­ nager Hotel Grand Mercure Medan Angkasa, Yoesi Bagus Taruna, me­ nyebut bahwa pihaknya sengaja melakukan peringatan International Women’s Day, untuk menyeru tentang keseragaman gender.

“Di Accor Hotel Grup kita men­ dukung pergerakan ini dan memiliki visi memberi tempat khusus buat untuk para wanita. Hal tersebut terwujud dengan adanya 30 persen tempat untuk karyawan perempuan. Dimana mereka menjabat sebagai General Manager di jajaran Accor Hotel seluruh dunia,” tutunya kepada Jurnal Asia. Dengan adanya International Women’s Day, pihak Grand Mercure bersama Ibis Style yang satu atap di bawah Accor berharap bisa meng­ gaungkan keseteraan hak wanita

dalam bekerja. ”Selain itu, Grand Mercure Medan Angkasa juga menggelar Zumba Class pada setiap Kamis malam di areal gym lantai 2,” jelas Yosie. Dalam peringatan ini, lanjut Yosie, pihaknya memilik program zumba class dari sekian banyak kegiatan yang bisa dilakukan. “Dari sekian banyak kesibukan karyawan hotel atau customer lain, sehingga waktu berolahraga cukup sedikit. Karena itu, kita ingat pentingnya olahraga demi kesehatan,” tandas Yosie. (put/van)


senin 12 maret 2018

13

SEREMONI

Presiden Genjot Pemberian Sertifikat Tanah Gratis Cirebon | Jurnal Asia Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus menggenjot pemberian sertifikat tanah untuk masyarakat. Tahun ini, Jokowi menargetkan Badan Pertanahan Nasional (BPD) mendistribusikan 7 juta sertifikat tanah. Sengketa tanah, menurut Jokowi, jadi salah satu faktor yang membuat dirinya gencar melakukan sertiikasi tanah. Jokowi menyebutkan sebanyak 126 juta masyarakat Indonesia seharusnya sudah memegang sertifikat tanahnya masing-masing. Namun, hingga kini sertiikasi tanah terhadap 126 juta masyarakat itu masih belum terselesaikan. “Untuk itu kita genjot, tahun lalu target 5 juta sertiikat, sekarang 7 juta sertikat, tahun depannya bisa 9 juta yang keluar,” kata Jokowi dalam acara pemberian sertiikat tanah di gedung pertemuan The Radiant, Kabupaten Cirebon, Senin (11/3). Usai menjelaskan tentang target pemberian sertiikat, Jokowi menyarankan kepada penerima sertiikat untuk menyimpan sertiikat tanahnya secara baik. “Sertifikatnya diplastikin, terus di-fotocopy. Simpan di lemari yang berbeda. Biar kalau hilang gampang mengurusinya,” katanya. Jokowi juga mempersilahkan bagi yang ingin menggadaikan sertifikat yang telah diberikan. Namun harus berdasarkan pertimbangan yang matang. Alasannya juga harus kuat, seperti untuk menambah modal usaha. Jangan sampai, keputusan itu malah

Antara | Dedhez Anggara PRESIDEN BAGIKAN SERTIFIKAT TANAH. Presiden Joko Widodo (kanan) berdialog dengan warga saat penyerahan sertiikat tanah di Beber, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (11/3). Penyerahan 3.000 sertiikat tersebut merupakan tahapan dari 9.000 sertiikat yang akan dibagikan nantinya untuk wilayah 3 Cirebon. menambah beban. “Kalau digadai tidak apa-apa. Tapi, hitung dulu, kalkulasikan dulu, mampu tidak buat mengangsur cicilannya. Jangan dipaksakan. Digadai buat modal usaha juga tidak apa-apa, kalau untung duitnya ditabung,” kata Jokowi. Di tempat yang sama, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Sofyan Djalil mengatakan sebanyak 9.810 sertifikat tanah diberikan kepada masyarakat yang berasal dari lima daerah di Wilayah III Cirebon, yakni Kabupaten Indramayu, Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Kota Cirebon. “Yang hadir di sini hanya 3.000 orang. Setelah acara ini, 6.810 sertiikat akan didistribusikan ke masyarakat melalui BPN masing-masing daerah,” ucapnya. Sofyan mengatakan 9.810 sertiikat

tanah yang dibagikan itu merupakan sisa dari program sertiikasi tanah pada 2017. “Mudah-mudahan di Jawa Barat pemberian sertifikat tanah ini bisa selesai pada 2023 nanti,” kata Sofyan. Di tempat yang sama, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan sertiikat yang diterima masyarakat tersebut memiliki peluang untuk dijadikan agunan ke bank. Kondisi tersebut, sambungnya, bisa membuka peluang usaha dan ekspansi kegiatan ekonomi di daerah. “Program ini membantu pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Tahun lalu, daerah yang menerima sertifikat tanah ini tingkat kemiskinannya tinggi, kalau secara keseluruhan Jawa Barat turun sebesar 7,4%,” ucap pria yang akrab disapa Aher itu saat memberikan sambutan. (zlf/van)

SMMC Bagikan Kartu ATM Beras Medan | Jurnal Asia Kalangan alumni SMA Negeri 1 Medan tergabung dalam Smansa Medan Muslim Community (SMMC) membagikan kartu ATM Beras bagi kaum dhuafa Kota Medan di Teras atau Pelataran Masjid Al Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan, akhir pekan lalu. Dua lokasi ATM Beras yang diadakan SMMC yakni terletak di Masjid Al Jihad dan Masjid Al Musabbihin. “Kedua ATM Beras tersebut sejak tanggal 9 Maret 2018 telah siap menyalurkan sedekah beras untuk kaum dhuafa Kota Medan,” kata Tim Pengelola ATM Beras oleh Shamir Hasyim Syarif (SMMC 1988) dalam sambutan penyerahan kartu tersebut. Acara penyerahan tersebut dihadiri sejumlah Alumni SMAN 1 Medan tergabung dalam SMMC yakni HM Nezar Djoeli dan Gus Irawan Pasaribu dan puluhan kaum dhuafa. Shamir mengatakan, keberadaan ATM Beras ini adalah hasil kerjasama sekitar 1500 anggota Smansa Medan Muslim Community (SMMC). Dengan program utamanya “Kembali ke Tanah Deli”, SMMC menguatkan ukhuwah Muslim Smansa Medan. Tujuannya agar mampu bersama-sama ikut berkontribusi meningkatkan syiar. dan dakwah Islam dengan fokus pada pemberdayaan ummat Muslim di

Sumatera Utara. ATM Beras di Masjid Al Jihad resmi beroperasi pada Jum’at, 9 Maret 2018. Sementara ATM Beras di Masjid Al Musabbihin pada Sabtu, 10 Maret 2018. Peresmian ditandai dengan pengambilan beras perdana oleh seluruh penerima kartu. SMMC di bawah koordinasi Tim Pengelola ATM Beras oleh Shamir Hasyim Syarif (SMMC 1988), bekerja sama dengan DKM setiap masjid dan Tim Teknis UMSU, menyelenggarakan acara perdana peresmian ATM Beras sekaligus sosialisasi kepada penerima kartu. Salah seorang Anggota SMMC yang juga menjabat Ketua Komisi A DPRD Sumut, HM Nezar Djoeli dalam sambutannya berharap kegiatan sosial dan berbagi pada kaum dhuafa ini hendaknya menjadi rutinitas bagi SMMC. Nezar meyakini jika kegiatan pembagian kartu ATM Beras ini gencar dilaksanakan dan diikuti kelompok masyarakat lainya, maka akan mampu mengurangi tingkat kemiskinan melanda daerah. “Pemerintah harus lebih peka terhadap persoalan rakyat. Berikan program dan bantuan yang dibutuhkan rakyat, seperti program ATM Beras ini yang diyakini sangat membantu rakyat.” 500 Kartu Lebihlanjut dijelaskan, pada tahap awal, jumlah penerima kartu di Masjid Al Jihad Medan Baru sebanyak 30 KK

dan di Masjid Al Musabbihin Tasbi 28 KK. Mereka diseleksi dari dari data dhuafa produktif bersama DKM Masjid masing-masing. Setiap Kepala Keluarga mendapat kuota beras 4 liter/pekan. Dengan demikian, kebutuhan beras bagi 58 KK tersebut adalah sekitar 11 ton/tahun. Direncanakan jumlah KK penerima kartu ATM Beras akan ditambah untuk memenuhi kebutuhan dhuafa lainnya. Setiap unit mampu melayani maksimal 500 kartu. Jika kondisi tersebut dicapai, maka dengan kuota 4 liter/pekan dibutuhkan beras sebanyak 94 ton/ tahun/unit ATM-B. Tentunya ini sangat membutuhkan dukungan dari segenap kaum Muslim. Tidak hanya yang tinggal di sekitar lokasi masjid, melainkan juga bagi semua yang peduli untuk membantu meningkatkan kualitas hidup saudara seimannya. SMMC mengajak kaum Muslim Kota Medan untuk ikut Program Sedekah Beras. Salurkan sedekah terbaiknya untuk penyediaan beras berkualitas secara kontinyu melalui ATM Beras untuk kaum dhuafa Kota Medan. Adapaun nomor rekening ATM Beras SMMC Bank Syariah Mandiri (kode 451) No Rekening 7108682986 an. SMMC ATM Beras (konirmasi transfer ke e-mail sedekah.beras@smmc.or.id). (isvan)

Lagu Anak-anak Indonesia Terancam Punah Jakarta | Jurnal Asia Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan, lagu-lagu untuk anakanak Indonesia saat ini terancam punah. Ia menyayangkan kondisi tersebut di tengah perkembangan pesat musik dengan segala aliran dan inovasinya pada era digital. Lagu anak anak di Indonesia justru semakin hilang dari waktu ke waktu, bahkan terancam punah. Ini berbanding terbalik dengan musik-musik lain yang sedang berkembang pesat,” kata Susanto dalam siaran pers yang diterima, Ahad (11/3). Susanto menyebut kondisi miris ini berdampak kepada anak-anak secara langsung. Menurut dia, sering kali anak justru menjadi penikmat lagu-lagu dewasa dan remaja. Padahal, kata Susanto, beragam lagu-lagu dewasa dan remaja banyak menampilkan muatan yang tidak senafas dengan dunia anak. “Patah hati, perselingkuhan, jatuh cinta, kekerasan dalam bercinta tak sedikit dinyanyikan oleh anak,”

ujar Susanto. Anak-anak, menurut Susanto, saat ini sering menyanyikan lagula gu itu dengan beragam cara anak untuk menjiwai lirik lagu yang diminati. Selain itu, kondisi semakin diperparah dengan adanya penyanyi dan pencipta lagu anak yang cenderung kalah saing dengan band-band, penyanyi dan musisi ternama. KPAI mengimbau kepada para pegiat musik mendedikasikan diri melakukan inovasi menyuguhkan lagu-lagu terbaik untuk anak Indonesia. “Ciptakan lagu-lagu berkarakter, munculkan igur anak terpilih dalam dunia musik, agar anak Indonesia memiliki inspirasi positif,” kata Susanto. Pemerintah dan dunia usaha, menurut dia, perlu mengoptimalkan fasilitas anak-anak Indonesia yang memiliki bakat khusus di dunia musik. Optimalisasi tersebut perlu dilakukan agar dedikasi dan kreatiitas anak meningkat. (rep/van)

KATA PERENUNGAN He, who venerates those venerable ones, is they the Buddhas or disciples; those who have overcome obstacles and gone beyond distress and lamentation, those who are serene and all – secure – No one is able to calculate His merit as ‘such and such : Dia yang memuja mereka yang patut dipuja, yakni Sang Buddha dan para siswa – Nya yang telah mengatasi lima rintangan batin, yang terlepas dari kesedihan dan ratap tangis, yang damai dan aman; tidak seorang pun dapat mengukur jasa kebajikannya “sebanyak ini BUDDHA VAGGA XIV : 195 atau itu”.

沒有吃過苦的人生, 就無法真正探討道理, 也無法充分發揮良能。 Jika tidak pernah mengalami kesulitan hidup, kita tidak akan bisa benar-benar memahami kebenaran, juga tidak akan mampu mengembangkan potensi diri.

- Kata Perenungan Master Cheng Yen -

~ 摘錄自證嚴上人靜思語 ~


14

sENIN 12 marEt 2018

OTOMOTIF

Usai Dirombak

Toyota Rush Mulai ‘Goyang’ Pasar SUV ToyoTa Rush generasi kedua mulai menggoda konsumen Tanah Air. Setelah muncul model barunya akhir tahun lalu, Rush menyelinap mengungguli para kompetitornya, Honda BR-V dan HR-V. Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Januari 2018, Rush generasi terbaru telah terdistribusi sebanyak 3.416 unit, atau naik drastis dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1.739 unit. Ditambah dengan jumlah pada

Februari 2018 sebanyak 3.575 unit, penjualan wholesales Rush kini mencapai 6.991 unit atau naik dua kali lipat sebesar 113 persen. Sedangkan kompetitornya, HR-V dan BR-V tercatat penurunan suplai. Untuk HR-V pada Januari 2017 berhasil terdistribusi sebanyak 4.285 unit, dan turun menjadi 2.645 unit di periode sama tahun ini. Sementara BR-V dari 2.528 unit pada Januari 2017 menjadi 185 unit di Januari 2018. “Kami berharap, respon positif ini dapat memperbesar pasar medium

SUV dan sekaligus memperkuat industri otomotif nasional karena penggunaan komponen lokal mobil ini semakin besar,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto kepada CNNIndonesia. com, kemarin. Ia mengatakan tingginya minta konsumen pada medium SUV itu membuat alokasi produksi lebih banyak untuk Rush baru dibandingkan produk lain seperti Avanza di pabrik Daihatsu Sunter dan Karawang, Jawa Barat.

Selesai Sudah Cerita VW Beetle Mobil legendaris VW Beetle akan disuntik mati mulai tahun ini. VW Kodok, begitu kebiasaan kita memanggilnya, harus rela digantikan dengan mobil masa depan. “Dua atau tiga generasi sudah cukup sekarang untuk Beetle,” kata Kepala Penelitian dan Pengembangan VW, Frank Welsch, kepada Autocar di Geneva Motor Show minggu ini, dilansir dari Forbes, Sabtu (10/3). Welsch menegaskan perusahaan baru T-Roc Convertible nantinya akan mengganti model Beetle, Golf dan Eos Cabriolet pada 2020. Sebagai pengganti Beetle, VW akan meluncurkan ID Buzz sebagai model retro di line up VW. Welsch mengatakan pihaknya telah menyetujui rencana untuk membangun 30 kendaraan listrik dalam 10 tahun ke depan. Namun, tidak ada kendaraan dalam sejarah Volkswagen yang punya dampak global yang dimiliki Beetle dalam desain produk, teknik, pemasaran dan budaya pop. VW Beetle punya nama panjang di dunia otomotif dunia. Memang, pada akhir abad ke-20, Beetle sering

masuk dalam tiga besar kendaraan “Paling Berpengaruh” di masanya. Mobil Beetle yang awalnya diprakarsai oleh Adolf Hitler atas bantuan rancangan dari Ferdinand Porsche ini, memiliki dua pintu, mesin belakang dan berpendingin udara. Penjualannya menyebar dari Asia, Amerika Selatan, Jepang dan Amerika Utara. Hampir tidak ada sudut dunia yang tidak pernah melihat VW Beetle di jalannya. Sejauh ini Beetle merupakan kendaraan impor terlaris di Amerika sampai pada awal 1970-an hingga dikalahkan oleh mobil merek Jepang. Mobil tersebut dihentikan pada tahun 1979 di Amerika namun terus dibangun di Meksiko dan dijual di Amerika Selatan selama dua dekade. Beetle yang mengalami penyegaran dan didesain ulang disebut “New Beetle,” dan diperkenalkan di Amerika pada 1997. Bahkan hingga 2011 di generasi terbarunya, ciri khas desain Beetle masih dipertahankan. (lp6/hut)

Lihat juga: 6 Mobil di Bawah Rp300 Juta dengan Sistem Hiburan ‘Lumayan’ Secara terpisah, hal yang sama juga diungkapkan Manager Humas TAM Rouli Sijabat. Ia menjelaskan mengecilnya volume penjualan wholesales Avanza lantaran pabrikan asal Jepang itu tengah fokus memenuhi banyaknya permintaan model baru Rush. Hingga Februari 2018, surat pemesanan kendaraan (SPK) Rush sudah mencapai 17 ribu unit. “Hal ini juga dampak kami sedang fokus memenuhi permintaan

yang tinggi di Rush. Ini lebih ke arah menambah pasokan Rush untuk konsumen agar tidak menunggu terlalu lama,” jelas Rouli. Toyota sendiri mengenalkan all-new Rush sekitar akhir tahun lalu. Mobil itu sudah dipoles ulang terutama bagian luarnya yang kini sudah tidak mengenakan ‘konde’ seperti model sebelumnya. Toyota membuka harga Rush terbaru dengan Rp239,9 juta untuk tipe terendah. Sementara varian tertingginya dibanderol Rp264,6 juta. (cnn/hut)

Datsun GO dan GO+ Tak Mungkin Pakai AMT DaTsun GO dan GO+ kemungkinan bakal punya transmisi otomatis suatu hari nanti. Namun bila saat itu datang, pilihannya sudah pasti bukan AMT (Automated Manual Transmission). Hal itu diungkap Nobuyuki Kawai, Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit, Nissan Motor Co., Ltd, yang mengatakan, “Tidak”, saat ditanya adakah peluang GO dan GO+ pakai AMT. Menurut Kawai, AMT tidak cocok buat konsumen Indonesia. Sebelum memperkenalkan Cross dengan Contonously Variable Transmission (CVT) di Indonesia pada awal tahun ini, Datsun sudah meluncurkan Redi-GO dengan AMT pada tahun lalu di India. Indonesia dikatakan berbeda dengan India soal pilihan transmisi otomatis. “Sejujurnya saja, konsumen India dan Indonesia adalah konsumen sistem dua pedal. Jadi saya pikir mereka akan menikmati kehalusan mengemudi di jalan Indonesia, dengan AT atau CVT. Tapi begitu kami memperkenalkan AMT, mungkin konsumen akan protes, untuk konsumen Indonesia,” jelas Kawai, di Karawang, Jawa Barat, kemarin. Walau mengatakan demikian, Kawai tidak mau menyebut apa pilihan transmisi otomatis buat GO dan GO+. Dia juga enggan memastikan pilihannya akan CVT seperti Cross. Saat ini di antara semua model Low Cost Green Car (LCGC), cuma kedua model itu yang belum punya transmisi otomatis. (kc/hut)


SENIN 12 MARET 2018

15

RAGAM

Wagubsu Tinjau KJA di Danau Toba

Ratusan Pelajar Kotapinang Ikut Sosialisasi Kelistrikan Kotapinang | Jurnal Asia PT PLN Rayon Kotapinang yang dipimpin Tuyono menggelar sosialisasi Ketenagalistrikan (K2) dan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) ke sekolah-sekolah menegah atas. Manejer PLN Rayon Kotapinang Tuyono menjelaskan, sosialisasi adalah program PLN untuk pengetahuan umum bagi siswa dan remaja. “Kita ketahui jaman sekarang semua sudah menggunakan listrik sehingga anak-anak remaja dituntut untuk mengetahui mengenai mekanisme tentang kelistrikan,”katanya. Kepala SMAN 1 Kotapinang H Sholihin yang diwakilkan oleh P Manik selaku wakil kepala sekolah menyambut baik sosialisasi K2 dan K3 dari PLN untuk berbagi pengetahuan umum bagi anak-anak pelajar tentang kelistrikan. “Saya juga berharap selaku wakil kepala sekolah nantinya pada sosisalisasi agar memperdalam tentang keselamatan dari pengunaan listrik, karena di SMAN 1 ini tegangan 7.700 Watt, bayangkan kalau sempat kita tersengat atau kontak,”katanya. Jefri salah satu narasumber menjelaskan, Kotapinang memiliki tiga wilayah kerja dengan 61.000

SOSIALISASI. Siswa SMAN 1 Kotapinang bersama menejer PLN Kotapinang pada sosialisasi kelistrikan dan keselamatan kerja. dan untuk pemasokan di Sumut surflus. “Namun kita jangan bangga dengan kesurfulusan tersebut karena masih banyak lagi kecurangan-kecurangan yang diperbuat dari orang-orang yang tak bertangung jawab, dengan artian masih banyak pencurian arus listrik yang merugikan negara,”katanya. Sementara Anton narasumber kedua mengulas tentang pencurian listrik yang merugikan negara dan masyarakat, akibat pencurian

tersebut kapasitas melebihi yang mengakibatkan fatal bagi pengguna yaitu masyarakat. Roby (17) pelajar SMAN sangat antusias kedatangan pihak PLN. “Ini menjadi wawasan kami sebagai remaja untuk dapat menjaga aset pemerintah dan mensosialisasikan kepada orang-orang terdekat bahwasanya listrik adalah kebutuhan primer dan sangat perlu dijaga serta dikembangkan,”ujarnya. (negos/nas)

Info Duka Cita Kota Medan Balai Persemayaman ANGSAPURA | Jl. Waja No. 2-4, Medan | Telp. 7345503-7364202 Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

Pr

10 Mar

12 Mar

10.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Veteran Harapan Brastagi No. 20 B

60

Lk

10 Mar

13 Mar

12.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Singa No. 156 B Medan

ZHUANG KIOK CEN

75

Pr

8 Mar

12 Mar

10.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Jamin Ginting No. 20 Pancur Batu

VIP D

NG CHENG TEK

55

Lk

9 Mar

12 Mar

14.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Kpt. Bansi Sembiring No. 90 - Kabanjahe

VIP E

THUNG SAI CU

90

Pr

10 Mar

14 Mar

10.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Timur Baru No. 4 K/12 Medan

VIP J

ZHUANG PU NGO

65

9 Mar

12 Mar

14.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. M. Idris Gg. Ampera No. 11 Medan

Tutup Jenis Usia Kelamin

Blok

Nama

6

CHI MEI LIANG

66

7

LIM BUN SING

VIP C

BLOK 1, 2, 3, 4, 5, 8, 9, 3A, VIP A, B, D, F, G, H, K, L KOSONG

Rumah Duka MEDAN MURNI | Jl. Williem Iskandar No. 321, Medan | Telp. 6621388 Blok

Nama

TAN ENG KIONG / 65 SOEHERY T.

TULIP C

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

Lk

9 Mar

12 Mar

11.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Komp. Cemara Hijau

Tutup Jenis Usia Kelamin

TULIP D

YOU BAN HOK

67

Lk

10 Mar

14 Mar

12.00

Dikebumikan

Jl. Krakatau Bukit Barisan II

JASMINE B

JULIANTY

76

Pr

10 Mar

13 Mar

12.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Duyung

TULIP A, B; LAVENDER A, B, C; JASMINE A, C, D; ANGGREK A, B, C KOSONG

Harga Iklan Untuk Berita Duka Cita, Turut Berduka Cita dan Ucapan Selamat (Hitam Putih):

Ukuran : 1 halaman Rp. 2.592.000 | 1/2 halaman Rp. 1.296.000 | 1/4 halaman Rp. 648.000 | 1/8 halaman Rp. 324.000 Informasi pemesanan iklan dan penawaran khusus selama masa promosi, silahkan hubungi Ichandra: 0811 6398 989

Simalungun | Jurnal Asia Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Brigjen (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH selaku Ketua Percepatan Geopark Kaldera Toba menuju Unesco Global Geopark (UGG), Sabtu (10/3) kembali meninjau kesiapan Danau Toba dalam menghadapi kunjungan accesor yang akan menilai pada bulan Mei mendatang Turut mendampingi Wagubsu Nurhajizah Marpaung, Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu Zonny Waldi dan Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Provsu Mulyadi Simatupang. Lebih lanjut Wagubsu menyampaikan bahwa untuk mendukung kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata internasional, kita akan terus meninjau untuk mencek sejauh mana persiapanpersiapannya seperti Danau Toba sendiri, hutan disepanjang pinggiran Danau Toba, Kerambah Jaring Apung serta kualitas dan kemurnian air danaunya. Peninjauan diawali ke KJA milik PT. Aqua Farm yang ada di Huta Panahatan di Desa Sibaganding Kecamatan Girsang Sipanganbolon Kabupaten Simalungun ternyata sudah dipindahkan ke Desa Silima Lombu Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir.

Kemudian ke Dusun Sualan di Desa Sibaganding Kecamatan Girsang Sipanganbolon Kabupaten Simalungun, disini merupakan KJA milik masyarakat. KJA di wilayah ini sangat tidak baik untuk air Danau Toba karena disamping terlalu banyak makanan ikan (pelet) yang tidak terkonsumsi ikan juga banyak ikan yang mati tidak diangkat. Sehingga tetap mengapung di perairan Danau Toba. Selanjutnya Wagubsu dan rombongan meninaju Desa Sigapiton Kecamatan Ajibata Kabupaten Tobasa. Untuk daerah yang lain banyak KJA yang harus dipindahkan (relokasi) tetapi di daerah ini muncul KJA-KJA masyarakat yang baru. Untuk itu harus segera dipindahkan mengingat jadwal tim accesor semakin dekat. Saat Wagubsu meninjau relokasi KJA PT. Aqua Farm di Desa Silima Lombu Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir, terlihat ada aktivitas galian tambang type C di daerah tersebut. Wagubsu berpesan kepada para OPD terkait agar segera menggelar rapat terkait permasalahan KJA ini sehingga ketika tim accesor datang, Kaldera Danau Toba kita yang mempesona dapat menjadi dinobatkan sebagai anggota UGG. (markus)

DPRD Kabupaten Solok Bahas Pelayanan Kesehatan Arosuka | Jurnal Asia Ketua Pansus I DPRD Kabupaten Solok Provinsi Sumatra Barat Patrischan SH, melalui rapat Paripurna DPRD Kabupaten Solok di Arosuka memimpin rapat pembahasan pelayanan promosi kesehatan termasuk UKS ( Usaha Kesehatan Sekolah ). Dijelaskan, UKS merupakan kegiatan penyuluhan, edukasi, konseling, pemberdayaan masyarakat, pelatihan dan advokasi kesehatan termasuk Usaha Kegiatan Sekolah. Kegiatan penyuluhan, edukasi, konseling, kesehatan terdiri dari promosi kesehatan di sekolah pendidikan dasar , promosi pemberdayaan masyarakat dibidang kesehattan, penyuluhan kesehatan jiwa masyarakat dan napza, penyuluhan kesehatan jiwa bagi ibu hamil dan menyusui. Penyuluhan kesehatan jiwa masyarakat dan napza pada populasi beresiko (lansia, anak dan remaja ), penyuluhan pada kelompok atau masyarakat tentang perilaku menjaga kebersihan diri, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil, anak balita, anak remaja, dewasa, lansia (pendekatan siklus kehidupan ), penyuluhan peningkatan kesadaran masyarakat tentan imunisasi. Konseling kesehatan reproduksi pada kelompok anak remaja, penigkatan pengetahuan komprehensif masarakat tenntang pencegahan penularan HIV-AIDS dan IMS. Peningkatan pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang penyakit diare, tifoid dan hepatitis. Edukasi dan konseling Pemberian Makanan Bayi dan Anak ( PMBA ) meliputi ASI dan MP-ASI untuk balita sehat, balita kurang gizi,, dan balita gizi buruk rawat jalan.

Edukasi dan konseling mengenai pola makan, perilaku makan dan akiitas fisik bagi anak usia sekolah. Edukasi dan konseling mengenai pola makan, perilaku makan bagi bumil KEK/Kurus, konseling Dietetik. Kegiatan Edukasi dan Konseling tentang Swamedikasi dan penggunaan obat. Sedangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat terdiri dari motivasi tokoh masyarakat dalam pembentukan kader kesehatan atau pembentukan kelompok yang peduli terhadap kesehatan. “Membentuk jejaring dalam pembentukan PHBS di masyarakat, penggerakan kelompok masyarakat dalam pemanfaatan Posyandu. Kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan penggunaan obat rasional melalui metode Cara Belajar Insan Aktif ( CBBIA ),” tutur Patrischan. Dan kegiatan pelatihan kesehatan terdiri dari melatih kader kesehattan tentang perawatan diri dan mempraktikkan PHBS. Melatih kader kesehatan dalam menyampaikan informasi pada kelompok atau masyarakat tentang perawatan diri dan mempraktikkan PHBS di didaerah binaan. Melatih kader tenttang swamedikasi dan pengggunaan obat mellalui mmetode Cara Belajar insan Aktif ( CBIA ). Mengenai advokasi kesehatan terdiri dai mengadvokasi masyarakatt dan lintas terkait dalam praktik PHBS dan penanggulangan masalah kesehatan tertentu. Advokasi tokoh masyarakat dalam membentuk kelompok swabantu terkait perawatan masalah gizi. Upaya kesehatan sekolah meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat yang disebut dengan Trias UKS. (yose/nas)


16

Senin 12 Maret 2018

SUMBAGUT

PPS Kecamatan Silangkitang Dilantik

Jurnal Asia | herman harahap

TANGGAPI KELUHAN. Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas PUPR, Ir Paten Purba, Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti, SSTP dan Kabid Lingkungan Hidup, Hotman Brahmana respon keluhan warga terkait genangan air setiap musim hujan.

Bupati Karo Ajak Warga Bersihkan Drainase Kabanjahe | Jurnal Asia Menyikapi keluhan warga terkait genangan air saat hujan, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas PUPR Ir Paten Purba, Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti SSTP dan Kabid Lingkungan Hidup, Hotman Brahmana merespon keluhanwarga Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe dengan turun langsung melihat kondisi drainase. Di lokasi yang menjadi keluhan warga terkait genangan air, Bupati minta Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti bergotong royong dengan warga. “Biasanya air meluber ke badan jalan akibat drainase tidak berfungsi masimal. Untuk itu, parit jalan ini harus dibersihkan dari limbah dan sampah warga yang menyumbat parit jalan,” ujarnya. “Namun, kalaupun nanti parit jalan sudah dibersihkan tapi air tetap meluap ke permukaan badan jalan, mungkin gorong-gorong persimpangan Jalan Kapten Selamat Ketaren ke Gang

Ginting Sienterem perlu dibongkar untuk selanjutnya ditinggikan dari sebelumnya, sehingga ruang gerak arus air dibawah gorong-gorong semakin luas, otomatis parit jalan ini berfungsi dengan baik,” ujar Bupati Karo setelah membuka slep (penutup) parit jalan. Kepala Dinas PUPR Ir Paten Purba dan Camat Kabanjahe, Frans Leonardo Surbakti, mengaku gorong-gorong terlalu rendah sehingga mempersempit ruang gerak air yang mengalir, dampaknya gampang sekali limbah hujan meluap ke badan jalan. “Artinya, gorong-gorong Gang Ginting Sienterem ke badan Jalan Kapten Selamat Ketaren harus ditinggikan,” tuturnya. “Penyebab lainnya, diduga sumbatnya persimpangan pertemuan dua parit jalan sehingga saluran untuk genangan air mengalir tidak ada, otomatis pasca hujan, genangan air selalu ada,” jelas Paten Purba. Camat Kabanjahe, Frans Leonardo Surbakti mengaku hari Selasa depan, pihaknya akan gotong royong bersama

warga. “Dengan gotong royong kesadaran warga tidak membuang sampah sembarangan akan muncul dan memiliki rasa tanggungjawab bersama menjaga lingkungan bersih,” ujarnya. Warga Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe meminta Dinas PUPR Kabupaten Karo mengatasi genangan air yang selalu terjadi setiap musim hujan. Genangan air itu tepatnya di depan Gang Ginting Sienterem, Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe. Warga setempat, Dasar Ginting mengucapkan terimakasih kepada Bupati Karo yang langsung merespon keluhan warga. Sebelumnya diberitakan, Dasar Ginting, Fadli Sinuhaji dan Lasate Ginting kepada wartawan, Rabu (7/3) di Kabanjahe mengatakan sudah lama terjadi genangan air setiap musim hujan. “Bahkan genangan air kadang terjadi bukan hanya saat hujan, mungkin parit jalan dan parit jalan gang ini sudah tidak berfungsi maksimal lagi,” ketusnya. (herman harahap/nas)

Hujan Deras Landa Kecamatan Sianjur Mula-mula Pangururan | Jurnal Asia Selama 3 hari berturut-turut selasa hingga Kamis (6-8/3) siang malam

hujan melanda wilayah Kecamatan Sianjur Mula-mula Kabupaten Samosir mengakibatkan Laboratorium SMP

Jurnal Asia | ester

TERTIMBUN LUMPUR. Gedung Laboratorium SMP N 2 Sianjur Mula-mula kabupaten Samosir dihantam hujan deras, lumpur dan bebatuan dari hulu gedung itu.

Negeri 2 Sianjur Mula-mula terendam air. Selain itu 4 rumah penduduk rusak berat. Lahan persawahan rusak diterjang banjir dan tertimbun tanah longsor dari pegunungan. Wabup Samosir Ir Juang Sinaga didampingi Kepala PU Ir Pantas Samosir, Kadis Tarukim, MSitumorang, Kepala BPBD Mahler Tamba turun ke lapangan melihat jauh dekat tanaman padi penduduk, rumah, sekolah yang rusak. Camat Sianjur Mula-mula R Sitorus kepada wartawan mengatakan, akibat hujan deras yang melanda kecamatan itu, 6 desa terkena banjir yakni Desa Bonan Dolok, Desa Boho,Huta Gugur, Siboro, Ginolat, dan Desa Hasinggaan. Tanaman padi dikawasan 6 desa itu rusak. (ester/nas)

Labusel |Jurnal Asia Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Selatan (Labusel) melantik dan mengambil sumpah jabatan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kecamatan Silangkitang. Pelantikan berlangsung di aula rapat kantor Camat Silangkitang, Kabupaten Labusel, kemarin. Turut hadir Camat Silangkitang Saipul R Pulungan, Komosioner KPU Labusel Ependi Pasaribu serta anggota KPU, Kapolsek Silangkitang Tulus Panggabean, Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kecamatan Silangkitang Ahmad Huseini, KUA Kecamatan Silangkitang, Ketua Panwaslih Kecamatan Silangkitang Oloan Tanjung, unsur Muspika, pemuka masyarakat, OKP, pengurus PPS (Panitia Pemungutan Suara)se Kecamatan Silangkitang. Pengucapan sumpah dan pelantikan PPS se Kecamatan Silangkitang dipimpin oleh Komosioner KPU Labusel, Ependi Pasaribu. PPS yang dilantik oleh KPU Labusel Ependi Pasaribu adalah Ketua PPS Desa Aekgoti Lirhan, Ketua PPS Desa Rintis Julianto, Ketua PPS Desa Mandala Sena Edi Susanto, Ketua PPS Desa

Ulumahuan, Edo. E p e n d i P a s a r i b u menyampaikan,pelantikan adalah merupakan suatu keabsahan PPS di desa, sehingga PPS yang baru saja dilantik agar dapat bekerja semaksimal mungkin, serta harus jujur dan adil juga tidak memihak kepada salah satu calon peserta Pilgubsu sehingga Pekerjaan PPS adalah merupakan salah satu ujung tombak Suksesnya Pemilihan di suatu daerah. Ketua PPK Kecamatan Silangkitang Ahmad Husaini mengatakan, kepada PPS yang baru dilantik kiranya benar-benar bekerja dengan hati, jujur dan adil, agar Pemilukada kada nantinya dapat terlaksana dengan Jurdil, transparan, serta sukses. Dikesempatan tersebut, Kapolsek Silangkitang, T Panggabean mengharapkan, agar masyarakat Kecamatan Silangkitang dapat bekerjasama dengan kepolisian untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. “Dalam melaksanakan Pilkada nanti, agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan aman dan kondusif sehingga mencapai Pilkada yang sukses,”harapnya. (negos/nas)

Jurnal Asia | negos

ACARA pelantikan PPS se Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labusel.

KPU Dairi Lantik PPK dan PPS Sidikalang | Jurnal Asia Ketua Komisi Pemilihan Umum Dairi (KPU), Sudiarman Manik didampingi komisioner Freddy, Jenny Ester Pandiangan SSos, Veryanto Sitohang SE, Hartono Maha SPdI melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Dairi di Balay Karina Jalan 45 Sidikalang, Jumat (9/3) lalu. Pelantikan sesuai Keputusan KPU Dairi No.386/PP.05.1.2Und/1211/KPU-Kab/III/2018 tentang pengangkatan 45 anggota PPK di 15 kecamatan dan 507 PPS di 169 kelurahan/desa se-Kabupaten Dairi. Ketua KPU Dairi, Sudiarman Manik, SPdI, MM mengatakan, tugas PPK dan PPS ke depan dirasakan akan semakin berat.

Karena pada pemilu akan ada pertambahan kertas suara pada pemilihan serentak legislatif dan presiden. PPK dan PPS diharapkan lebih cermat dalam mendata pemilih sehingga dapat meminimalisir munculnya persoalan. PPK dan PPS diminta bekerja netral sesuai aturan dan prosedur sumpah pelantikan dan harus dapat bekerja sebagai tim hingga kejajaran PPS. “Komunikasi dan hubungan harmonis harus tetap dipelihara. Pelantikan dihadiri Sekdakab Dairi, Sebastianus Tinambunan SH, Mpd, Ketua DPRD Sabam Sibarani SSos, Dandim 0206 Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH diwakili Kasdim Mayor Inf Daniel Pandia. (dsitumeang/nas)


Senin 12 Maret 2018

17

SUMBAGUT

Dua Kasasi Kejari Dairi Dikabulkan MA

Jurnal Asia | isvan

AnggotA DPRD Sumut Muchrid Nasution (kaca mata) foto bersama dengan warga Desa Sudi Rejo usai melaksanakan kegiatan reses di desa tersebut.

Warga Sudi Rejo Namorambe Keluhkan Maraknya Narkoba Medan | Jurnal Asia Warga Desa Sudirejo Kecamatan Namorambe Kabupaten Deliserdang mengeluhkan maraknya penyalahgunaan narkoba serta munculnya tempat maksiat yang berdekatan dengan rumah ibadah di desa tersebut. Keluhan itu disampaikan warga masyarakat Desa Sudirejo saat anggota DPRD Sumatera Utara Muchrid Nasution menggelar kegiatan reses di desa tersebut, Sabtu (10/3). Selain itu, pada reses tersebut, Politisi asal pemilihan daerah (Dapil) Sumut III, Deli Serdang ini banyak menerima aspirasi dari warga setempat, salah satunya bagaimana warga bisa mendapat kemudahan bantuan modal dari pemerintah. Salah seorang warga, Chairul, kepada Muchrid Nasution mempermasalahkan banyaknya berdiri tempat-tempat maksiat bahkan berada berdekatan dengan rumah ibadah serta penyalahgunaan narkoba yang dianggap sudah menjadi momok di tengah-tengah masyarakat. Sedang warga lainnya, Amin dan Agus, pada kegiatan reses itu berharap agar anggota dewan dapat mengupayakan bantuan untuk usaha peternakan yang ada di desa tersebut agar perekonomian warga Desa Sudi Rejo

semakin berkembang. Keduanya berharap agar anggota dewan dapat lebih lagi memberdayakan perekonomian perdesaan agar kesejahteraan warga desa semakin meningkat. Menanggapi keluhan warga, Anggota DPRD Sumatera Utara Muchrid Nasution mengatakan, berdasarkan aturan kegiatan apapun yang berbau maksiat sekurang-kurangnya harus berjarak 500 dari rumah ibadah maupun sekolah. Selain itu juga harus mendapat izin dari tetangga dan warga sekitar. “Masyarakat harus guyub dan kompak serta kerjasama dengan pihak babinsa dan pihak terkait lainnya. Buat surat keberatan tentang keberadaan warung tuak ataupaun kegiatan berabu maksiat lainnya,” katanya Pada reses itu, Muchrid Nasution memberikan dukungan terhadap upaya peningkatan kesejahteraan warga sekitar Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang. “Infrastruktur di kawasan ini sudah cukup baik. Kita harap masyarakatnya juga bisa lebih sejahtera,” kata politisi Partai Golkar itu. Muchrid mengatakan, Pemerintah provinsi memiliki program berupa pemberian bantuan modal di sektor

peternakan misalnya. “Segeralah bentuk kelompok dan ajukan proposalnya, pasti akan saya kawal setiap proses tersebut ke dinas terkait,” katanya Menurut Muchrid pemerintah juga telah mengalokasikan anggaran dalam upaya peningkatan kesejahteraan tersebut, seperti bantuan benih ikan misalnya untuk sektor peternakan, maupun bibit atau pupuk untuk sektor pertanian. Setelah bantuan bergulir pun nantinya, akan tetap dipantau dan senantiasa diberi pembinaan hingga menghasilkan dan mampu menjadi usaha mandiri warga. Muchrid menyampaikan, kesejahteraan warga sangat penting agar mampu mengantisipasi sejumlah persoalan di masyarakat, seperti kriminal, perjudian dan narkoba. “Kalau warga sejahtera, Insya Allah sejumlah persoalan yang tadi banyak dikeluhkan akan teratasi,” ucap anggota Komisi D ini. Tokoh masyarakat setempat, Sumardi Atmojo sangat mengapresiasi kedatangan Muchrid ke Desa Sudirejo tersebut. “Merupakan suatu kebanggaan ada seorang anggota DPRD Sumut yang datang menjemput aspirasi kami warga di sini,” ucapnya. (isvan/nas)

Sidikalang | Jurnal Asia Dua permohonan kasasi yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Dairi yakni Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan kasus pencabulan anak di bawah umur dikabulkan Mahkamah Agung (MA). Kasi Pidana Umum Benny Daniel Purba SH MH, Kasi Intel Ferdiansyah SH kepada wartawan, belum lama ini mengatakan perkara KDRT dengan terpidana Jusuf Ismail Parsaoran Berutu, penduduk Desa Lae Parira Kecamatan Lae Parira yang divonis bebas di Pengadilan Negeri Sidikalang. Sedangkan perkara pencabulan anak terpidana Marlonsen Limbong (56) penduduk Desa Sitinjo, dengan korban bocah (2,5 tahun) siswi PAUD Siarungarung Desa Lae Hole I, Kecamatan Parbuluan. Menurutnya, Marlonsen Limbong yang berprofesi sebagai PNS bertugas sebagai pengawas TK dan PAUD pada Dinas Pendidikan Dairi, didakwa dengan Pasal 82 UU 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, oleh PN Sidikalang dijatuhi pidana penjara selama 6 tahun. Namun, melalui penasehat hukumnya Marlonsen menyatakan banding. Pada tingkat banding, Pengadilan Tinggi Medan menjatuhkan vonis 6 bulan dan 15 hari kepada Marlonsen. Atas keputusan itu, JPU kemudian mengajukan Kasasi. MA mengabulkan Kasasi JPU dengan

menguatkan putusan Pengadilan Negeri Sidikalang dan menghukum Marlonsen Limbong 6 tahun penjara, denda Rp 80 juta subsider 3 bulan kurungan. Putusan Kasasi diterima Kejari Dairi medio 28 Desember 2017. Namun hingga sekarang eksekusi belum berhasil. Terpidana belum diketahui keberadaannya. JPU telah melayangkan 2 kali surat panggilan, tetapi tidak diindahkan. Demikian juga saat didatangi kekediamannya bersama Kepala Desa, Marlonsen tidak ditemukan, sementara keterangan dari istrinya, Marlonsen sedang sakit di Medan tanpa memberikan alamat suaminya itu. Sedangkan permohonan Kasasi JPU atas terpidana Jusuf Ismail Parsaoran Berutu (42) perkara KDRT menyebabkan istirinya, Rianti Boru Silaban meninggal juga dikabulkan MA. Terpidana sudah dieksekusi, Selasa (6/3). Dalam perkara tersebut, JPU mendakwa Jusuf Ismail Parsaoran Berutu dengan Pasal 44 Ayat 3 UU 23 tahun 2014 tentang KDRT dengan tuntutan 6 tahun penjara, tetapi oleh Majelis Hakim PN Sidikalang, terdakwa divonis bebas. Atas keputusan itu, JPU kemudian mengajukan kasasi. Permohanan Kasasi dikabulkan dan terdakwa dijatuhi hukuman pidana penjara selama 4 tahun dan denda Rp15 juta. Putusan MA diterima Kejaksaan Negeri Dairi dan langsung dieksekusi. (dsitumeang/nas)

Jurnal Asia | d situmeang

KEtERAngAn PERS. Kasi Pidum Kejari Dairi Benny Daniel Purba SH MH, Kasi Intel Ferdiansyah SH memberikan keterangan kepada wartawan di kamar kerjanya.

Desa Sempajaya Masuk Percontohan Berastagi | Jurnal Asia Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) sangat mendukung masyarakat. Karena pengelolaannya langsung dari oleh dan untuk masyarakat. Sehingga dengan adanya program UP2K diyakini akan dapat mendorong terciptanya lapangan

pekerjaan dan juga sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat pedesaan. Demikian dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana selaku Ketua Dewan Pembina PKK didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Sitompul Terkelin Brahmana saat berada di Kantor

Jurnal Asia | herman harahap

BUPAtI Karo Terkelin Brahmana SH bersama Ny Sariaty Terkelin Brahmana dalam pembinaan UP2K bersama Ketua Tim PKK Kabupaten Ny Mirton Ketaren, Camat Berastagi Mirton Ketaren dan Ketua UP2K Desa Sempa Jaya Ibu Lilis Sulastri serta masyarakat dan kader PKK sebanyak 100 orang.

UP2K, Sabtu (10/3) di Desa Sempajaya Peceren Kecamatan Berastagi. “Karena itu, kegiatan program UP2K ini diharapkan dapat menjadi salah satu program untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga dan sekaligus dapat meningkatkan daya beli masyarakat, sekaligus tujuan saya datang hadir di tengah-tengah ibu UP2K, ingin memberikan motivasi agar semua masyarakat desa harus kompak dan bersatu serta membuat terobosan dan inovatif,” tegas Ketua Dewan Pembina PKK Terkelin Brahmana. “Untuk mendapatkan gelar juara harus melalui usaha yang gigih, kerja sama yang baik, komunikasi yang baik dan bekerja dengan ikhlas, cerdas dan berkualitas, tidak ngasal dan saya sering mengingatkan dan tidak pernah bosan, tingkatkan silaturahmi, ada silaturahmi ada persatuan, ada persatuan ada kekuatan, ada kekuatan maka tujuan

akan berhasil, bagaimana bisa menang jika kekuatan tidak ada, bagaimana bisa kuat jika tidak bersatu. Nah ini harus diterapkan para ibu UP2K,”ucap Bupati Karo Selaku Dewan Pembina PKK di hadapan peserta 100 orang. “Dalam kesempatan kunjungan tersebut, terungkap adanya rencana untuk tahun 2018 ini Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi merupakan salah satu Desa Percontohan kategori UP2K yang akan dilombakan ke jenjang tingkat propinsi. oleh sebab itu , perlu dilakukan pembinaan agar memenuhi kriteria-kriteria dan indikator penilaian agar memenuhi syarat untuk menjadi juara nantinya di tingkat propinsi,” kata Ny Sariati Sitompul Ketua TP PKK Kabupaten Karo. Masih menurut istri Bupati Karo ini, perkembangan program UP2K di Desa Sempajaya sangat menggembirakan. “Kunjungan ini merupakan penilaian awal. Mudah-mudahan Desa Sempajaya

bisa mewakili kabupaten Kabupaten Karo ke jenjang tingkat propinsi, nantinya,”ungkapnya. Sariati optimis, seperti yang permah dialami oleh Desa Gung Pinto Kecamatan Naman Teran pada tahun 2016 memenangi penilaian dan juara 1 tingkat propinsi Sumatera Utara sehingga dilombakan ke tingkat nasional dan berhasil mendapatkan juara 5 tingkat nasional. “Maka Desa Sempajaya, saya berharap kedepan dapat mengikuti jejak Desa Gung Pinto yang lebih berprestasi lagi mendapat juara baik tingkat propinsi dan tingkat nasional,”tandasnya. Adapun penilaian dan kriteria mencakup tiga aspek yaitu bidang kelembagaan, administrasi dan kegiatan-kegiatan UP2K PKK. “Ini dasar pembinaan Desa Percontohan UP2K, oleh sebab itu persiapkan diri baik perorangan maupun perkelompok”tutupnya. (herman harahap/nas)


18

Senin 12 Maret 2018

SUMBAGUT

Gubsu Hadiri Peringatan Hari Jadi Tobasa

Jurnal Asia | adisastra

SAMPAIKAN ARAHAN. Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SHMH menyampaikan arahan pada acara doa tolak bala bersama di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalan HM Nur Ujung Datuk Bandar, kemarin.

Pemko Tanjungbalai Gelar Tolak Bala di TPA Tanjungbalai | Jurnal Asia Pemko Tanjungbalai beserta jajarannya menggelar doa tolak bala bertempat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalan HM Nur Ujung Datuk Bandar, kemarin. Tolak bala bersama dirangkai dengan pemotongan hewan kambing yang dilakukan Ustadz Abu Said AAg yang juga menjabat Camat Datuk Bandar dan

kemudian daging hewan tersebut dibagibagikan kepada warga yang kurang mampu khususnya anak yatim. Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH berharap, melalui doa dan tolak bala yang membawa berkah bagi kedamaian dan kemajuan Kota Tanjungbalai yang lebih sejahtera. Doa dan tolak bala yang dilaksanakan

guna menghindarkan lingkungan TPA dari gangguan manusia, roh maupun hambatan lain yang dapat menggangu para pekerja sehingga dapat bekerja dengan baik dan terhindar dari bahaya. “Dengan demikian apapun tugas maupun pekerjaan yang dilakukan akan sesuai dengan harapan kita bersama,”katanya. (sad/adisastra/nas)

Wakil Walikota Buka MTQ Kelurahan Aro Solok | Jurnal Asia Wakil Walikota Solok Reinier membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kelurahan Aro IV Korong Kecamatan Lubuk Sikarah yang bertempat

di Surau Inayah Aro, Sabtu (10/3). MTQ Kelurahan Aro IV Korong mengangkat tema “Menuju Masyarakat Aro yang Religius untuk Mewujudkan Solok Kota Beras Serambi Madinah.”

Jurnal Asia | yose

WAKIL Walikota Solok Reinier membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kelurahan Aro IV Korong Kecamatan Lubuk Sikarah yang bertempat di Surau Inayah Aro, Sabtu (10/3).

Dalam arahannya Wakil Walikota mengajak semua yang hadir agar selalu meramaikan mesjid, karena Kota Solok adalah Kota Serambi Medinah dan sesuai visi misi Kota Solok di antaranya menjadikan masyarakat Kota Solok sebagai kota yang beriman dan bertaqwa. Reiner juga mengajak semua yang hadir agar memperkuat komitmen untuk memperdalan dan meningkatka pengetahuan dan pemahaman terhadap Alquran. “Mari ikuti dan laksanakan MTQ ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menghasilkan yang terbaik nantinya. Pada tahun depan Kota Solok di percaya oleh Propinsi Sumatera Barat sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat propinsi Sumbar,” tuturnya. Dalam kesempatan itu Wakil Walikota menyerahkan bantuan dari tim percepatan penanggulangan kemiskinan berupa uang tunai sebesar Rp 600.000 kepada keluarga tidak mampu sebanyak 4 keluarga. (yose/nas)

Balige| Jurnal Asia Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi menghadiri peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) di Balige, Sabtu (10/3). Gubsu mengajak masyarakat Tobasa untuk melihat mana yang belum dan yang sudah baik di dalam pembangunan daerah ini. “Jika sudah baik hendaknya dipertahankan, tetapi jika belum, maka lebih ditingkatkan lagi. Pemerintahan itu berkesinambungan dan berkelanjutan, tentu apa yang telah dilakukan harus dilanjutkan ke tingkat yang lebih baik lagi, “ ujar Gubsu Erry Nuradi, dalam sambutannya. Gubsu Erry Nuradi mengatakan, ada tiga hal yang harus dilakukan dalam rangka memperingati hari jadi. Pertama, retrospektif, artinya mengingat masa lalu, karena masa lalu sebagai mata rantai sejarah dan pond asi menapaki masa kini dan masa datang. Kedua, introspektif, yakni mawas diri agar setiap estafet perjalanan kehidupan harus mampu menjawab persoalaan yang kekinian dengan responsif. “Terakhir, prospektif, artinya kita melihat masa depan melalui desain maupun formula masa depan dengan berbagai dinamika tanpa membuang nilai-nilai masa lalu,” ujar Gubsu Erry. Saat ini, lanjut Gubsu, di Kabupaten Tobasa, pemerintah telah memberikan lahan kepada Badan Otorita Danau Toba seluas 386,5 hektar untuk pengembangan k a w a s a n D a n a u To b a y a n g nantinya dapat dimanfaatkan sebagai Monaco-nya Asia di Sumut. Karenanya diharapkan ada kerjasama antara stakeholder dengan semua elemen masyarakat agar kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. Sebelumnya, Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian dalam sambutannya mengatakan, sebagai masyarakat To b a s a s u d a h s e p a n t a s n y a bersyukur, karena sudah mencapai

usia 19 tahun. Untuk itu diharapkan terus adanya kerjasama dan peran serta semua elemen masyarakat untuk pembangunan di segala bidang, sehingga dapat lebih mensejahterakan masyarakat. “Saya dan Wabup mengimbau bila ada ide, masukan dan kritik yang membangun hendaknya menyampaikan dengan santun agar kita bisa bersama-sama mewujudkan cita-cita kabupaten kita tercinta ini,” ujar Bupati Tobasa. Pada kesempatan yang sama, tokoh masyarakat yang juga sebagai Bupati pertama Tobasa Drs Sahala Tampubolon, mengungkapkan rasa bahagianya, karena walau sudah 19 tahun masih tetap bersama. Dia berharap, ke depannya semoga terus adanya peningkatan pembangunan. Anggota DPR RI Nurdin Tampubolon dalam sambutannya menyampaikan, semoga Tobasa menjadi kabupaten yang handal yang mensejahterakan masyarakatnya. “Apresiasi diberikan dengan segala yang telah dilakukan Pemkab Tobasa. Semoga Tobasa dapat memberi kesejahteraan yang nyata untuk masyarakatnya, “ucapnya. Kegiatan diawali dengan pernyataan sikap dan Ikrar Bersama untuk menciptakan situasi kondusif dalam menghadapi Pilkada serentak dihadiri Wabup Tobada Ir Hulman Sitorus MM, Forkopimda Tobasa, Kepala Perwakilan BPKP Sumut Sihar Panjaitan, mantan Bupati/Wabup dan Ketua DPRD Tobasa, Bupati, Wabup dan Ketua DPRD kawasan Danau Toba, Wakil Walikota Pematang Siantar, instansi vertikal Tobasa, Plt Sekdakab, Ketua TP PKK dan Kepala OPD Tobasa, Direktur Pemasaran Badan Otorita Danau Toba Basar Simanjuntak, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, lembaga adat dan budaya, masyarakat dan insan pers. (markus/nas)

Gedung Arsip Tanjungbalai Diresmikan Tanjungbalai | Jurnal Asia Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH meresmikang gedung Perpustakaan dan Kearsipan yang baru berlokasi di Jalan KH Hasyimuddin, kemarin. Menurut Walikota, sesuai UndangUndang Nomor 7 tahun 1971 tentang ketentuan pokok kearsipan menetapkan arsip adalah wadah atau tempat dokumen-dokumen pemerintah. Gedung arsip ini merupakan badan agenda dalam pencatatan dan penanganan pemiliharaan suratsurat warkat yang menyangkut soal pemerintahan maupun non pemerintahan dengan menerapkan kebijakan dan sistem yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat. “Saya meminta Dinas Perpustakaan

dan Kearsipan tanjungbalai untuk mengumpulkan data tentang sejarah lengkap dan peradaban Tanjungbalai melalui koordinasi bersama tokoh adat dan tokoh masyarakat serta ahli sejarah kota Tanjungbalai dalam menyusun arsip budaya kota Tanjungbalai sehingga nantinya sejarah, budaya dan peradaban Tanjungbalai dapat diperkenalkan bagi generasi muda dan masyarakat Tanjungbalai. Karenanya, rawat dan jaga gedung baru perpustakaan dan kearsipan ini dengan baik, sebagai pusat informasi dan pengetahuan,” tambah Syahrial. Kepala Bidang Pengolahan Perpustakaan Propinsi Sumatera Utara Drs Wardijah MSi mengucapkan selamat kepada Kota Tanjungbalai yang telah memiliki gedung arsip yang baru, dimana sebelumnya dinas Perpustakaan dan

Kearsipan Kota Tanjungbalai telah memiliki gedung perpustkaan tersendiri juga. Wardijah juga mengapresiasi potensi yang ada dikota Tanjungbalai, salah satunya Adinda Nabila yang membacakan pantun dan merupakan juara II Lomba Pantun tingkat Propinsi Sumatera Utara. “Kami sangat mendukung keberadaan gedung baru arsip kota Tanjungbalai yang menjadi tempat penyimpanan dokumen pemerintah kota Tanjungbalai yang intinya mendukung suatu peradaban sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat peradabannya melalui sejarah dan budaya yang tersimpan dalam dokumen yang disimpan dalam dokumen kearsipan secara baik,”ucapnya. (sad/adisastra/nas)

Jurnal Asia | adisastra

SAMPAIKAN SAMBUTAN. Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SHMH menyampaikan sambutan pada acara peresmian gedung Perpustakaan dan Kearsipan yang baru berlokasi di Jalan KH Hasyimuddin, Tanjungbalai.


SENIN 12 MARET 2018

19

Info Serba-SerbI

Tidur Telanjang bisa bikin awet Muda SEPERTI halnya kebiasaan soal makan, di mana setiap orang memiliki kebiasaan atau ritual masing-masing. Begitu juga dengan kebiasaan soal tidur. Soal kebiasaan soal tidur, tidak asing lagi bahwa kita sering mendengar ada orang yang lebih senang dan merasa nyaman jika tidur tanpa mengenakan sehelai benang sekalipun alias tidur dengan telanjang. Eits, jangan salah ternyata siapa sangka bahwa tidur telanjang juga memiliki manfaat loh! Penasaran kan apa saja manfaat tidur telanjang? Melansir Telegraph, Sabtu (10/3) ini dia ulasannya. Tidur dengan kualitas yang lebih baik Soal tidur telanjang, disebutkan para

PURBA MULTIROOF Spesialis Atap dan Baja Ringan

Menyediakan : - Genteng metal, Atap Spandek panjang/Lengkung. - Besi C/Truss, Reng (zincalume) Jl.Gaperta Ujung No.80-A Medan

Hubungi : 081362321899 081265237863 081262861028 N.B : Menerima pemasangan baru dan bongkar pasang atap (Rumah tinggal, pabrik, sekolah, kantor, dsan gedung lainnya).

Jl. Gatot Subroto No. 317/236 A Tel. (061) 453 9685 - 453 9684 (Depan Jl. PWS) - Medan. Terima Tempahan Canopy, Folding Gate, Pintu Plat Besi, Aluminium, Kaca dan Stainless Steel.

WASHTAFEL PVC

PINTU PRESS

ROLLING DOOR

FOLDING GATE

UPVC

CIN BOY 0853 6022 3003

kebanyakan ahli tidur setuju bahwa tidur tidak mengenakan busana apa-apa dapat membantu tubuh untuk mengatur suhu temperatur tubuh itu sendiri, di mana ini menghasilkan tidur berkualitas yang lebih baik, lebih pulas, dan tidur yang lebih bahagia. Suhu tubuh yang turun ketika kita tertidur, tidak akan terganggu prosesnya oleh adanya suhu pemanasan karena pakaian dalam ataupun setelan piyama. Kemungkinan berat badan turun Tahukah jika tubuh terlalu panas saat tidur, maka hormon pertumbuhan manusia tidak akan terlepaskan banyak. Di mana pada dasarnya hal ini adalah merupakan pemicu yang digunakan untuk memperbaiki sel dalam tubuh.

Sebaliknya, kadar kortisol (hormon stres) malah akan tetap tinggi, sehingga menyebabkan lonjakan insulin pada malam hari. Secara efektif, tidur mengenakan pakaian menjadikan tubuh tetap berada dalam mode ‘panik’ daripada mode ‘penyembuhan’, atau healing sehingga tubuh memilih untuk menyimpan lemak daripada membakarnya. Terlihat lebih muda Hormon pertumbuhan manusia yang membantu untuk bisa membakar lemak, juga disaat bersamaan dikenal sebagai agen anti penuaan untuk tubuh. Dengan memperbaiki sel, maka bisa membantu menghaluskan lesi kulit, bintik-bintik, dan bahkan keriput.

Kehidupan percintaan lebih bahagia Untuk yang sudah berpasangan, tidur telanjang disebutkan dapat menghasilkan hubungan yang lebih berkonten alias lebih berisi. Menurut sebuah survey pada 1.000 orang, sebanyak 57 persen orang yang sudah berpasangan jika tidur satu ranjang dalam keadaan telanjang dilaporkan lebih merasa bahagia dengan hubungan asmara mereka. Di mana kuncinya kemungkinan karena adanya kontak langsung dari kulit ke kulit, yang memicu memicu pelepasan hormon oksitosin atau perasan yang baik. Bahagia, merasa lebih terhubung dan lebih tertarik secara seksual dengan pasangan. Menghindari infeksi jamur Tidur telanjang tanpa mengenakan

busana apapun, pada dasarnya akan membantu organ intim untuk menjadi lebih bernafas, yang di mana artinya ini menghindari resiko terjadinya infeksi jamur. Menurut, Dr Sarah Brewer told kepada Mail Online, menjaga area organ intim untuk tetap dingin, kering, bersih, dan diangin-anginkan pada malam hari akan membantu mengurangi rasa kepanasan, terutama saat di musim panas. (oz/van)

Info Beriklan : (061) 663 5 664

Iklan ekonomis

20mm/Kolom Rp. 20.000,40mm/Kolom Rp. 40.000,60mm/Kolom Rp. 60.000,80mm/Kolom Rp. 80.000,-

TERCECER Telah Hilang Selembar Ijajah SD, Atas Nama: Rika Dewi Samura No. Seri Ijazah:L DN-07 DN/06 0109907, SD no 058123 Alur Pakis, Kecamatan Brandan Barat. Diduga Hilang Seputaran Simpang Susu Sampai Kota Pangkalan Brandan. Bagi Siapa yang menemukan mohon di antar ke SD N No. 058123 Alur Pakis atau ke kepala sekolah Siti Sahara Spd. No. HP 081275641346. Tidak akan di tuntut dana akan diberikan hadiah sepantasnya. Terima Kasih


20

sENIN 12 marEt 2018

SAINS

Setahun di Angkasa Luar

DNA Astronot NASA Berubah Kabar mengejutkan datang dari seorang astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Usai menjalankan misi antariksanya, DNA astronot itu ‘mendadak’ jadi berbeda dengan yang dimiliki saudara kembar identiknya. Scott Kelly menghabiskan waktu sekitar 500 hari di angkasa luar (dari Maret 2015 - Maret 2016), dengan 342 hari di antaranya harus ia jalani dengan hidup 24x7 di International Space Station (ISS). Namun, sepulangnya ia dari misi tersebut, sejumlah tes menguak fakta menarik. Ternyata kini, Deoxyribonucleic acid atau DNA Scott Kelly telah berbeda dengan saudara kembar identiknya, astronot Mark Kelly. Demikian seperti dikutip dari Daily Star, Minggu (11/3). “Pada 2017, tim, lewat sebuah pemeriksaan assays and genomic testing berganda, telah memveriikasi perubahan mengejutkan itu,” tulis NASA seperti dikutip dari Daily Star. NASA melanjutkan, telomeres DNA Scott, bagian kromosom yang berkontribusi pada proses penuaan manusia, secara signiikan mengalami

pemanjangan selama ia di angkasa luar. Meski begitu, NASA melaporkan bahwa sebagian besar DNA sang astronot telah kembali normal pascatiba di Bumi. Namun, Badan Antariksa AS itu melanjutkan, “Beberapa, atau sekitar 7 persen di antara seluruh DNA Scott akan bertahan untuk beberapa waktu atau permanen seperti pada kondisi ketika Scott di angkasa luar”. Kendati demikian, NASA belum mengetahui secara pasti apa dampak hal tersebut pada tubuh dan kehidupan Scott. Scott Mengaku Kaget “Saya membaca laporan yang rilis di sebuah surat kabar. Dan saya menganggapitu aneh’,” kata sang astronot. Studi terhadap perubahan DNA Scott Kelly itu mungkin akan memberikan implikasi besar terhadap proyek eksplorasi dan kolonisasi Planet Mars. Riset itu pun, yang bernama “NASA Twins Study Research”, sejatinya tengah mengkaji dampak bagi manusia yang menghabiskan waktu lama di angkasa luar. Subjek penelitian itu adalah Scott

dan Mark Kelly, astronot NASA. Scott menjadi subjek yang dipaparkan uji tes, sementara Mark menjadi subjek pembanding. Penelitian itu dilakukan NASA sebagai salah satu persiapan misi pengiriman manusia ke Mars. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan SpaceX Elon Musk tengah intens mengkaji potensi tersebut sejak beberapa tahun terakhir. Perjalanan dari Bumi ke Mars membutuhkan waktu sekitar tiga tahun. Dan, jika nantinya terlaksana, hal tersebut akan menjadi misi di mana manusia menghabiskan waktu terlama di angkasa luar. Kini, usai temuan pada DNA Scott terkait dampak menghabiskan waktu lama di angkasa luar, sejumlah ilmuwan

mulai menaruh kekhawatiran terhadap seberapa jauh tubuh manusia mampu beradaptasi pada durasi yang jauh lebih lama. Begitu juga dengan dampak jangka panjang dari menghabiskan waktu bertahun-tahun di angkasa luar. Mengomentari riset itu, NASA

menulis, “Masih perlu beberapa tahun lagi guna memahami betul kondisi tubuh manusia yang berada di angkasa luar untuk waktu lama.” “Kami masih terus memprioritaskan aspek kesehatan, isik dan psikis, serta keselamatan para astronot untuk setiap misi antariksa,” jelas NASA. (lp6/hut)

Bukan Hanya Pelaut

Hewan Nokturnal Juga Andalkan Bintang untuk Tentukan Arah

Mineral Langka Berhasil Ditemukan Pada Berlian TeMuan Ini disebut dengan peroksida kalsium silikat, dan tanpa casing keras seperti berlian, ilmuwan tidak pernah bisa membuatnya stabil di permukaan bumi. “Kami benar-benar tidak tahu kami akan menemukannya,” kata Graham Pearson, seorang profesor di University of Alberta dan seorang penulis di sebuah makalah alam baru yang merinci penemuannya. “Kebanyakan ilmuwan akan mengatakan bahwa Anda tidak akan pernah menemukannya di permukaan bumi,” tambahnya. Hal ini terjadi karena ketika mineral naik ke permukaan, sedikit tekanan diberikan padanya dan ikatan karbonnya ditata ulang. Para ilmuwan memperkirakan mineral tersebut adalah mineral yang paling banyak keempat di Bumi, namun mereka tidak pernah dapat mengamati substansi ini di permukaan. Versi lain dari peroksida kalsium silikat telah ditemukan pada apa yang disebut “bentuk tekanan medium” pada berlian lainnya, namun ini adalah pertama kalinya ia menemukan jenis mineral ini berada pada ratusan mil dibawah permukaan bumi. Berbeda dengan mineral yang baru terlihat, berlian memiliki ikatan karbon yang lebih sulit dipisahkan dan diatur ulang. Ini membuat material menjadi saluran yang sempurna untuk mempelajari materi yang tertanam jauh di dalam permukaan bumi. Saluran ke Sumber Pearson, bersama dengan ilmuwan dari

universitas di Kanada, Inggris, dan Afrika Selatan, telah mempelajari berlian dari Tambang Cullinan yang terkenal di Afrika Selatan. Sebelum menemukan mineral, tambang itu paling dikenal sebagai sumber berlian besar yang sekarang ada di antara British Crown Jewels. “Kami memiliki sebuah rencana untuk melihat berlian terdalam dengan tujuan utuk mendapatkan informasi,” kata Pearson. Berlian yang mengandung peroksida kalsium silikat ini ditemukan kurang dari satu mil di bawah permukaan, namun Pearson mengatakan bahwa kemungkinan ia berasal dari kedalaman lebih dari 400 mil. Pada kedalaman itu, ia dapat menahan tekanan sebesar 240.000 atmosfer bumi. Jenis berlian yang biasanya terlihat pada perhiasan biasanya tidak ditemukan pada kedalaman lebih dari 100 mil di bawah permukaan. “Kami memiliki gambaran tentang apa yang kita pikirkan di sana, tapi tidak ada yang seperti memiliki sepotong bahan ini di tangan Anda,” ujar Pearson. Dia mengatakan para ilmuwan dapat menggunakan temuan tersebut untuk memahami bagaimana siklus karbon dari permukaan bumi ke intinya dan kembali lagi dalam bentuk aktivitas geologi seperti gunung berapi. “Silikat khusus dan karbon ini awalnya dimulai di permukaan bumi sebagai kerak laut,” katanya. “Ketika itu jatuh ke dalam mantel bumi, itu terus berlanjut sampai berubah menjadi fase mineral dengan tekanan tinggi dan lebih tinggi lagi.” (ngc/hut)

buKan hanya pelaut saja yang mengandalkan rasi bintang untuk menentukan arah kapal. Studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Royal Society menemukan bahwa hewan-hewan nokturnal juga dapat menggunakan bintangbintang dan Galaksi Bimasakti untuk mengetahui arah pada malam hari. Dalam laporan penelitian itu, ahli biologi Lund University, James Foster dan rekan-rekannya menilai bintang-bintang sebagai “stimulus visual yang menyampaikan informasi tentang arah”. “Ada beberapa keuntungan bagi hewanhewan yang aktif di malam hari. Lebih sedikit parasit dan predator yang aktif. Terlebih lagi, tidak banyak pesaing untuk mendapatkan makanan seperti halnya pada siang hari,” tulis para peneliti. Selain itu, bagi hewan yang bermigrasi atau mencari makanan pada jarak yang sangat jauh, jam-jam dingin di malam hari lebih disukai daripada panasnya Matahari. Para peneliti mengatakan, kunci yang diperlukan bagi hewan-hewan nokturnal adalah, mereka harus bisa menangani perjalan mereka saat gelap. “Kumbang kotoran tidak menggunakan bintang tunggal. Sebagai gantinya, mereka melakukan perjalanan sepanjang malam dengan bantuan cahaya dari Bima Sakti, yang kontras dengan langit gelap di sekitarnya.” Studi juga menunjukkan bahwa anjing laut, ngengat, katak, dan hewan lainnya menggunakan langit berbintang untuk navigasi di malam hari.

Menurut Foster, hewan dengan mata kamera, jenis mata yang dimiliki manusia, bisa membedakan bintang tunggal. Sementara serangga dengan mata majemuk kemungkinan besar tidak bisa, tetapi para ilmuwan yakin bahwa mereka bisa menafsirkan langit berbintang dan Bima Sakti sebagai pola cahaya. “Masih sedikit yang kami ketahui tentang bagaimana hewan nokturnal mengalami dan menafsirkan langit malam,” ujar Foster. Misalnya saja, belum ada peneliti yang menentukan apakah, dan bagaimana, burung yang bermigrasi mengubah titik acuan mereka di langit malam saat mereka melewati garis khatulistiwa. Para peneliti berharap, dengan menggabungkan hasil dari teknologi pencitraan langit yang lebih baru dan studi lebih lanjut, mereka dapat mengungkap jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang bagaimana hewan-hewan nokturnal memandu diri mereka dalam perjalanan di kegelapan malam. (ngc/hut)


Senin 12 maret 2018

21

HIBURAN

Angelina Jolie

Ajak Warga AS Selamatkan Muslim Rohingya Aktris, Angelina Jolie bersama Senator John McCain mendesak pemerintah Amerika untuk menghentikan peningkatan kekerasan terhadap Muslim Rohingnya. Pernyataan keduanya merupakan bagian dari peringatan Hari Perempuan Internasional. “Di seluruh dunia, ada kekhawatiran besar jika Amerika menyerahkan mantel kepemimpinan global,” tulis kedua perempuan tersebut, Sabtu (10/3). Jolie dan McCain menyatakan, kurangnya diplomasi di Myanmar menyebabkan 680 ribu Muslim Rohingya dipaksa melarikan diri. Mereka berhadapan dengan sebuah gerakan militer yang sistematis untuk

Leonardo DiCaprio

pembunuhan, pembakaran, pemerkosaan dan kekejaman massal lainnya yangberkaitan dengan pembersihan etnis. Berdasarkan laporan baru-baru ini, banyak korban selamat masih belum mendapatkan bantuan yang tepat karena kurangnya dana untuk program kekerasan berbasis gender. “Mengatasi kekurangan ini dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi perempuan dan perempuan pengungsi Rohingya dari kekerasan seksual lebih lanjut harus menjadi prioritas bagi Amerika Serikat dan negara-negara yang berpikiran sama,” ujar Angelina Jolie dan John McCain

Melihat kondisi Muslim Rohingya yang membutuhkan bantuan, keduanya mendesak diterimanya Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Kebebasan Burma yang digagas Senator McCain. Dalam UU itu menyebutkan akan menjatuhkan sanksi kepada militer Myanmar dan pasukan keamanan yang bertanggung jawab atas kekerasan dan juga mendukung upaya untuk menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia dengan benar. (rol/swm)

Sonia Fergina

Danai Konservasi Kura-Kura Terpilih jadi Puteri dan Lumba-Lumba Indonesia 2018 Aktor tampan, Leonardo DiCaprio dikenal dengan kepeduliannya yang tinggi akan lingkungan dan pemanasan global. Baru-baru ini pemeran utama ilm ‘The Revenant’ itu ikut mendanai konservasi kura-kura dan lumba-lumba di Republik Seychelles. Republik Seychelles merupakan negara kepulauan di antara 115 ribu pulau di Samudera Hindia. Jaraknya sekitar 1.600 kilometer (km) dari daratan Afrika. DiCaprio menyumbang satu juta dolar AS atau sekitar Rp 14.3 miliar untuk Republik Seychelles. Proyek baru ini akan membantu melindungi spesies laut di perairan negara tersebut, khususnya kura-kura dan lumba-lumba dari penangkapan berlebih, polusi, dan perubahan iklim. Di perairaan tersebut dihuni ratusan ribu kura-kura raksasa langka, kura-kura biasa, lumba-lumba, pari manta, dugong atau duyung, mamalia yang terancam punah di Samudera Hindia yang juga disebut sapi laut. (rep/swm)

Sudoku

882 9 2

6

6

1

1

8

7

9

9

3

Malam inal Pemilihan Puteri Indonesia 2018 yang berakhir Sabtu (10/3) malam menetapkan perwakilan dari Bangka Belitung, Sonia Fergina menjadi .Puteri Indonesia 2018. “Senang sekali dan terharu, akhirnya saya berhasil mengharumkan Bangka Belitung. Ini suatu kebanggaan tersendiri buat saya,” kata Sonia. Tak hanya gelar Puteri Indonesia, beberapa inalis terpilih juga akan mendapatkan gelar istimewa lain yang sudah disiapkan Yayasan Puteri Indonesia berupa beasiswa untuk gelar magister.

882

TTS Mendatar 2. hati (inggris) 6. tempat untuk menanam bunga atau pohon 7. salah satu band di indonesia 9. Gagasan 10. orang ahli pembuat keris 14. Penutup badan bagian atas 16. pertumbuhan sel yang tak terkendali sehingga dapat menyerang organ tubuh lain yang bersifat ganas 18. Cahaya 20. Jam kecil 22. Badan Usaha Milik Negara

Selain Sonia Fergina tampil juga sebagai runner up diraih Wilda Octaviana Situngkir (Kalimantan Barat) dan posisi ketiga diperolehVania Fityanti Herlambang (Banten). Dalam ajang tersebut berbagai pertanyaan diberikan. Mulai dari soal pariwisata hingga narkoba dan pandangan inalis terhadap kondisi pendidikan di Indonesia. (vv/swm)

24. 25. 26. 28. 30. 31. 35. 36. 37. 38. 39.

umi sisa pembakaran Kelas atas tikus besar (inggris) band di indoensia Anggota badan yang menopang tubuh dan dipakai untuk berjalan menghimpun dengan tali wewenang kata lain ibu Cairan yang mengandung zat gula pada sarang lebah Tepi laut, pesisir.

Menurun 1. panas apabila di sentuh 3. Anjungan Tunai Mandiri 4. Tempat Pemakaman Umum 5. Pria yang memainkan suatu tokoh di atas pentas, radio, televisi atau ilm 6. Atlas 8. Kendaraan lapis baja 11. Alat untuk mencangkul 12. negeri para dewa 13. seorang anak yang di tinggal meninggal dunia orang tua laki-laki nya di sebut 15. Tanggal 14 Agustus diperingata sebagai hari 17. belut (inggris) 19. Keluarga Berencana 21. sumber air di padang pasir 23. universitas sumatera utara (di singkat) 25. bulan kemerdekaan republik indonesia 27. tentara negara indonesia (di singkat) 29. Kain penutup jendela, pintu, dsb 32. buah yang enak dimakan dan berasal dari Arab. 33. Dipakai untuk membuat dinding dari tanah liat yang dicetak 34. surat izin mengemudi 35. kata penunjuk jauh

Jawaban TTS 881

5

9

4

1 3

M

D

P

M A T E M A T

I

4

2

7

8

6

2

F A C E B O O K

I

R

5

S 8

Jawaban Sudoku 881

5

7

6

8

9

3

2

5

4

1

4

5

2

6

1

7

3

8

9

1

9

3

4

5

8

2

7

6

2

4

5

1

9

3

8

6

7

3

1

7

2

8

6

4

9

5

9

8

6

5

7

4

1

3

2

5

3

4

7

2

9

6

1

8

8

7

1

3

6

5

9

2

4

9

3

10

6

2

9

8

4

1

7

5

5

2

7

I

S

I

23

1

6

5

9

8

20

R A S A

T

24

P

T

I N T A

25

F

R

I D U R I

21

I

I N G

L 26

27

U M S U

T

I

I

R

28

F A N S 29

N A L A R

3 EclipseCrossword.com

U N M

18

B

R

N

9

14

A

I

A

4

U

O R G A N D A

I

B

6

C

N

S K O R

K E P L

E

U

17

H

C

I 13

19

D U M A

4

16

O

M 22

K

N

N 15

12

M U S A

7

L H

11

U

M

K A


22

Senin 12 Maret 2018

opini

Jika TKA ‘Menyerbu’ Sikap pemerintah melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendesak untuk mempermudah Tenaga Kerja Asing (TKA) cukup memprihatinkan. Bagi sebagai kalangan, kebijakan tersebut seakan menspesialkan TKA dan tidak adil. Bahkan sedikit melupakan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam negeri. Semestinya, Presiden mempermudah lulusan universitas negeri/swasta dalam negeri untuk mendapatkan keahlian. Karena kita paham dan tahu betul bahwa banyak lulusan universitas masih kurang siap masuk dalam dunia kerja. Sejatinya, untuk melakukan perbaikan dalam sistem pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga universitas memang cukup kompleks. Perlu waktu yang cukup lama, perlu biaya yang cukup besar, dan berbagai indikator lainnya. Sehingga ini tidaklah semuda membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, kritik terhadap Presiden yang katanya sedang menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) atas kebijakan barunya itu tidaklah cukup bijak. Seharusnya, Presiden mengacu pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia baru keadilan sosial kepada TKA. Jika alasan Presiden adalah ketidakmampuan SDM dalam negeri untuk menjalankan program dalam dunia kerja yang sedang atau yang akan direncanakan, maka hal yang mesti dipikirkan adalah pemberian kemudahan untuk mendapatkan sertifikat profesional dalam bidang tertentu dalam lembaga pendidikan non formal. Salah satu yang paling realistis adalah pemberian subsidi atau hibah bagi para sarjana untuk menambah ilmu pada lembaga pendidikan non formal untuk mendapatkan sertiikat K3 dan lain-lain. Ini tentu akan lebih mempertajam ilmu yang telah didapatkan sebelumnya dibangku kuliah sehingga siap bersaing dalam dunia kerja. Semua tentu sudah tahu jika banyak TKA yang datang ke negara ini tidak sesuai dengan regulasi yang ada. Bahkan, kadang mereka yang berstatus TKA tidak memiliki keahlian khusus. Oleh karena itu, sangat miris rasanya jika Presiden sangat menspesialkan para TKA tersebut sedang dilain pihak pengangguran dimana-mana. Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017 lalu merilis kenaikan jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 10.000 orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017 dari Agustus 2016 sebesar 7,03 juta orang. Pertambahan jumlah pengangguran tersebut disebabkan oleh peningkatan jumlah angkatan kerja di Indonesia. Kesimpulan penulis, Presiden dan pemerintah semestinya jeli dalam mengambil keputusan. Jangan semua menjadi tidak terkendali. Menjadi Presiden itu memang berat Pak Jokowi, jika tidak mampu beri kesempatan kepada anak bangsa yang lain. (*)

Penerbit pT. MediA AnGKASA

Antara | Hendra Nurdiyansyah

UPACARA MELASTI PANTAI PARANGKUSUMO. Pemuka umat Hindu melakukan prosesi mendak tirta atau mengambil air suci saat upacara Melasti di Pantai Parangkusumo, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (11/3). Upacara Melasti yang diikuti ribuan orang tersebut bertujuan untuk mensucikan diri dalam menyambut perayaan Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1940 atau pada 17 Maret 2018.

Menanti Kiprah partai Baru di pemilu 2019 Oleh : Deki R. Abdillah

Pada 17 Februari yang lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 14 belas partai politik peserta Pemilihan Umum 2019. Keempat belas partai tersebut dinyatakan lolos veriikasi aministrasi dan veriikasi faktual yang dilakukan oleh KPU. Sebelumnya ada 16 partai politik yang diveriikasi oleh KPU, namun dua partai --Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia (PKPI)-- tidak lolos karena tidak memenuhi syarat sebagai partai peserta pemilu karena kedua partai itu tidak memenuhi syarat keanggotaan sekurang-kurangnya di 75 persen kabupaten/kota di masing-masing 34 provinsi di Indonesia. Keempat belas partai politik yang lolos adalah: Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDI Perjuangan, Partai Nasional Demokrat (NASDEM), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (PERINDO), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda). Tentunya masyarakat agak sedikit asing mendengar nama empat partai terakhir, karena keempat partai tersebut merupakan partai baru yang pertama kali mengikuti pemilu yang akan datang. Lalu, bagaimana peluang keempat partai baru tersebut dalam Pemilu 2019 nanti? PSI, Berkarya, Perindo, dan Garuda tentunya akan menghadapi tantangan yang tidak mudah dalam pemilu yang akan datang. Mereka akan bertarung dengan partai-partai “senior” yang terkenal memiliki simpatisan dan loyalitas yang tinggi di berbagai daerah, dan juga mereka sudah memiliki kandang masing-masing yang kemungkinan akan sangat sulit bergeser suaranya. pemimpin Umum: tongariodjo angkasa Ginting Se, MBa, MM, MSc Wakil pemimpin Umum: dr. Finisia angkasa Staf Ahli: Dr. re nainggolan, MM, Dr. ir. Jongkers tampubolon, MSc, Drs. nabari Ginting, Hasiholan Sidabutar Se, Ma, MM, tjong Poh Bun, ridwan nasution, Bambang eS, Johan

Terbit : 19 Juli 2012 Alamat Redaksi dan divisi Usaha Kompleks Bilal Central A1-A2, B1-B2 Jalan Bilal Ujung, Medan Telp. 061 - 6635664 email Redaksi: berita@Jurnalasia.com email Usaha: marketing@Jurnalasia.com

Wakil General Manager: Selamat ang pemimpin Usaha: Berman Pasaribu ang Se, MM pjs pemimpin Redaksi/penanggung Jawab: rahmad S Batubara Redaktur pelaksana: isvan Wahyudi Redaktur: Swisma naibaho, nasib ts, Khairul anwar Dalimunthe aMd, andri DP Staf Redaksi: Syahrial Siregar, Bambang nL SH, netty Guslina, ari Wibowo, Hendra

Perindo merupakan partai yang baru didirikan pada 7 Februari 2015 yang lalu oleh pengusaha MNC Group yang juga menjabat sebagai ketua umum, Hary Tanoesoedibjo. Sebagai partai baru Perindo memang terhitung cukup populer di antara keempat partai baru yang ada. Menurut survei yang dilakukan oleh lembaga Center for Strategic and Internasional Studies (CSIS) yang dilakukan pada 23-30 Agustus 2017, popularitas Perindo berada di urutan keenam dengan persentase 81,5 persen, mengungguli PSI di posisi 15 dengan 11,5 persen, dan dua partai lainnya. Perindo memang terbantu dengan pengenalan dari TV yang mendongkrak popularitas mereka. Belum lagi, Perindo juga aktif dalam mendorong kegiatan ekonomi masyarakat bawah seperti usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Selanjutnya ada Partai Solidaritas Indonesi (PSI). Partai ini didirikan 16 November 2014 yang diketuai mantan presenter berita, Grace Natalie. PSI cukup beda dibandingkan dengan parpolparpol lain. Partai ini ingin menampilkan ciri dekat dengan anak muda dan perempuan. Hal ini dibuktikan dengan keterwakilan perempuan yang mencapai 66 persen. Parpol yang identik dengan warna merah ini juga menerima orang baru di dunia politik. PSI dianggap dapat mewakili generasi millenial yang ingin berpolitik. Hal ini dibuktikan dengan Tsara Amany, mahasisiwi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina, yang duduk di jajaran elite Ketua DPP PSI, yang mana hal tersebut Tampaknya akan sulit ditemukan dalam partai lain, yang sekaligus menjadi nilai plus PSI di hadapan anak muda zaman now. Partai Berkarya didirikan pada 15 Juli 2016, dipimpin oleh Neneng A. Tutty, seorang politikus yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Nasional Republik (NASREP) KoReSponden deliserdang: H alamsyah Siregar, refi arif Siregar Serdang Bedagai: Sugiono Binjai: Sri Masanah Bahorok: Menanti Ginting pematangsiantar/Simalungun: togar Sinaga. Labuhanbatu: roberto Simatupang, M. Sibarani Tanah Karo: Herman Harahap Sidikalang: ester Pandiangan Humbahas: Firman tobing Solok: Yose rizal, elita Susanti SH Tanjungbalai: M. adi Sastra Langkat: Badruddin Labusel: negos Siregar Taput: nelson nainggolan, Se pakpak Bharat: Boman Batubara: rahman Khalid

sebelum pada akhirnya melebur menjadi Partai Berkarya pada Oktober 2016. Putra Presiden ke-2 RI Soeharto, Tommy Soeharto menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi dan Dewan Pembina Partai Berkarya. Partai ini memiliki logo dan warna dominan kuning seperti Partai Golkar. Terakhir, ada partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) yang didirikan pada 16 april 2015. Posisi ketua umum diisi Ahmad Ridha Sabana yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia (TPI). Setelah resmi menjadi partai peserta Pemilu 2019, Garuda pastinya harus bekerja keras untuk meraih suara rakyat, karena partai ini boleh dikatakan kalah populer dibandingkan tiga partai baru yang lain. Hadirnya keempat partai baru ini tentunya dapat dijadikan opsi tambahan bagi rakyat Indonesia dalam menentukan calon pemimpin dan wakil rakyat ke depannya. Partai-partai baru ini diharapkan membawa visi dan misi yang berbeda dibandigkan partai yang telah lama ada. Partai-partai baru ini harus mampu memikat masyarakat pada pemilu yang akan datang jika tidak ingin hanya sekedar numpang lewat dalam kancah perpolitikan Indonesia. Pada akhirnya penulis berharap, hadirnya keempat partai baru ini dapat meningkatkan kulias perpolitikan yang ada di Indonesia. Memang harus diakui rakyat membutuhkan penyegaranpenyegaran politik dan calon pemimpin yang dapat dijadikan opsi pada pemilu yang akan datang, dan mungkin saja partai baru tersebut dapat menjawab pertanyaan kita selama ini. Welcome to the club, guys! Penulis adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi aktif menulis di media Keuangan: ratnawati S Kom, Jessie Rekening: Bank Mandiri no 106 001 0849 399 a\n Pt. Media angkasa penasehat Hukum: Sukiran SH, M.Kn, asman Siagian SH, MH dicetak oleh: Pt. Karya Cetak angkasa, Jl. Bilal Ujung (Komp. Bilal Central no. 12-12a) Medan (isi di luar tanggung jawab percetakan) SeLURUH staf dan wartawan Harian Jurnal asia tidak dibenarkan untuk meminta dan/atau menerima apapun dari narasumber baik dalam bentuk amplop, uang, honor, biaya transportasi, biaya akomodasi, hadiah, maupun berbagai bentuk gratifikasi lainnya. Jika terdapat hal tersebut di atas, silakan kirim SMS ke 0852 9776 1000. Kami juga menerima segala bentuk kritik, saran, pelaporan, dan pertanyaan demi kemajuan Harian Jurnal asia.


Senin 12 Maret 2018

23

olahraga

Timnas Indonesia U-16 ke Final Turnamen Jenesys Miyazaki | Jurnal Asia Tiket inal Turnamen Jenesys dipastikan timnas Indonesia U-16 berkat kemenangan dengan skor 1-0 ketika menghadapi tuan rumah Jepang di babak empat besar. Di lapangan Yamazakura Kirishima Prefektur Miyazaki General Athletic Park Pitch 1, Minggu (11/3), gol tunggal Sutan Diego Zico di menit ke-54 menjadi pembeda. Sutan Zico, yang masuk sebagai pemain pengganti, menjadi satusatunya pemain yang mencatatkan namanya di papan skor laga tersebut. Usaha tim Jepang menaikkan tempo serangan usai ketinggalan pun tidak membuahkan hasil. Skor tetap 1-0 untuk Indonesia. “Hasil yang bagus, semoga ini semakin memotivasi anak-anak untuk terus tampil lebih baik lagi. Jepang bukan lawan yang mudah dan mereka menguji kita cukup bagus. Masih banyak yang harus dibenahi meski hasil akhirnya cukup memuaskan,” kata Fakhri. Hasil tersebut membuat skuat besutan Fakhri Husaini itu berhak maju ke inal untuk menghadapi tim Vietnam U-16, yang maju ke partai puncak setelah menang adu penalti 6-5 lawan tim Thailand usai berimbang tanpa gol di waktu normal. (dc-adp)

PSMS Siap Lakoni Dua Ujicoba Medan | Jurnal Asia PSMS Medan akan melakoni dua laga ujicoba di Stadion Teladan Medan sebelum kick-of Liga 1 bergulir. Dua ujicoba bakal menghadirkan laga menarik, sebab Legimin Raharjo akan ditantang tim Askot PSSI Medan, Rabu (14/3) dan PSPS Pekanbaru dan Sabtu (17/3) mendatang di Stadion Teladan Medan. Sekum PSMS Medan, Julius Raja ketika dikonirmasi, kemarin, mengatakan pihak manajemen sudah menyiapkan dua laga ujicoba untuk PSMS yang disajikan di stadion Teladan. “Kita menyahuti keinginan coach Djanur yang ingin merasakan atmosfer Stadion Teladan pasca renovasi,” kata Julius Raja. PSPS Pekanbaru yang kini konsentrasi menghadapi Liga 2 merupakan lawan sepadan bagi PSMS Medan. Satu tim lainnya yang mendapat kesempatan menjajal PSMS Medan adalah tim sepakbola Askot PSSI Medan besutan pelatih Amrustian yang sedang dipersiapkan menghadapi Porwil Sumut. Laga ini digelar lebih awal pada 14 Maret dan juga digelar di Stadion Teladan. Kedua laga ujicoba ini menurut Julius Raja, untuk mematangkan tim bagi PSMS yang sedang fokus untuk mengasah kemampuannya. Sebelumnya, meski mencatat kemenangan telak 5-1 atas Gumarang FC, coach Djajang Nurjaman mengaku belum puas dengan kemampuan lini depan sebab inishingnya belum maksimal dan lini depan yang juga masih lemah dalam memanfaatkan bola-bola set piece. Sebab itu, lini depan masih perlu diasah. “Sebab itu, saya ingin skuat PSMS menjajal Stadion Teladan sebelum kick-of Liga 1 yang dijadwalkan 23 Maret,” kata Djanur. Dalam TC di Yogyakarta, PSMS ditahan Barito Putra 1-1 dan menang 2-1 atas PSS Sleman. (bambang nl)

Thunder Masih Terlalu Tangguh Bagi Spurs Oklahoma| Jurnal Asia Oklahoma City Thunder meraih kemenangan dalam lanjutan NBA, Minggu (11/3). Melawan San Antonio Spurs, Thunder menang 104-94. Thunder langsung tancap gas saat kuarter pertama. Maklum, Russell Westbrook dan kawan-kawan sedang bersaing memperebutkan tempat ke babak playof NBA musim ini. Performa agresif Thunder membuat mereka mendulang 24 poin di kuarter pertama. Sebaliknya bagi Spurs, tim asuhan Gregg Popovic ini hanya bisa mendapatkan 19 poin. Spurs baru bisa memberikan perlawanan sepadan di kuarter kedua. Spurs sempat tertinggal hanya tiga poin setelah Paul Gasol mencetak dua angka dan membuat kedudukan menjadi 24-27. Sayangnya, Spurs tak bisa mempertahankan ritme mereka. Kuarter kedua tinggal empat menit, Spurs justru tertinggal 12 poin setelah Westbrook mencetak dua angka. Kuarter kedua berakhir dengan keunggulan Thunder 52-

43 usai Corey Brewer membuat tembakan tiga poin saat pertandingan tersisa dua detik. Pertandingan berjalan semakin seru di kuarter ketiga. Spurs berusaha keras mengejar ketinggalan mereka di kuarter ini. Usaha itu sempat berhasil setelah Dejounte Murray membuat lay up. Sumbangan poin dari Murray membuat Spurs hanya tertinggal 54-60. Spurs pun semakin bersemangat mengejar ketinggalan. Kuarter ketiga akhirnya berakhir dengan Spurs tertinggal sembilan poin dari OKC, 68-77. Dua poin terakhir OKC di kuarter ini lahir dari tembakan bebas Jerami Grant. Keputusan untuk tancap gas di kuarter ketiga tampaknya membuat energi Spurs habis. Kuarter empat pun menjadi miliki OKC. Westbrook dan kawan-kawan berhasil menambah 27 poin pada kuarter ini. Di sisi lain, Spurs meraup 26 poin. Sumbangan poin terakhir Spurs datang dari dunk Brandon Paul saat pertandingan menyisakan delapan detik. Spurs kalah 94-104 dari OKC. (blc-adp)

Medan Andalkan Tinju di Porwilsu Medan | Jurnal Asia Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani mengatakan, cabang tinju sejak dahulu selalu menjadi andalan Kota Medan, baik berlaga di arena Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwilsu) maupun Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu). Hal itu dikatakan Eddy H Sibarani dihadapan

para petinju ketika meninjau persiapan atlet menuju Porwilsu 2018 di sasana TNT Jalan Sembada, Medan Selayang, kemarin. Ia mengatakan, tinju selalu menjadi andalan, dan menjadi juara umum. Maka hendaknya tradisi tersebut dipertahankan saat tampil di arena Porwilsu 2018 nanti. “Tunjukkan kalian adalah yang terbaik,

Jurnal Asia | Bambang MOTIVASI. Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani didampingi Sekum Pertina Medan Binner Dabuke dan jajaran pelatih memotivasi atlet tinju di sasana TNT, Medan Selayang.

dan Porwilsu bukan lagi ajang uji coba. Tetapi untuk meraih medali emas sekaligus lolos ke Porprovsu yang akan digelar setelah ini,” sebut Eddy Sibarani didampingi Wakil Ketua Julius Raja SE MM dan pengurus KONI Medan lain. Dikatakannya, kehadiran jajaran pengurus KONI Medan ke tempat latihan adalah untuk memberi dorongan semangat dan motivasi. Karenanya, para atlet juga harus lebih bersemangat lagi dalam berlatih dan mempersiapkan diri. “Para petinju Medan bahkan selalu menjadi andalan kontingen Sumut setiap tampil di tingkat nasional seperti di kejurnas dan PON. Di sini, pengurus Pertina Medan juga harus bekerja keras memantapkan persiapan, supaya para petinju tampil dalam kondisi puncak saat di Porwilsu nanti,” ucap Eddy Sibarani. Sementara itu, Sekum Pertina Medan Binner Dabuke mengatakan, cabor tinju Porwilsu 2018 Wilayah I dimainkan di Langkat 10 sampai 12 Mei. Ada 17 kelas dipertandingkan yakni 10 putra dan 7 putri, di mana Medan mentargetkan bisa meraih 12 medali emas. Atlet yang ditargetkan membawa pulang gelar juara umum. “Persiapan kita maksimal dengan ditangani empat pelatih Nazaruddin Lubis, Martin Sihombing, Niazi Almi dan Amir Hasan

Siregar,“ ungkap Binner Dabuke. Selain tinju, Pengurus KONI Medan juga meninjau persiapan cabang catur di kawasan Kantor Camat Medan Area. Cabang catur Porwilsu 2018 Wilayah I akan dimainkan di Prapat, Simalungun 16-20 Mei. Kepada para atlet catur, Eddy Sibarani meminta atlet untuk lebih giat lagi mempersiapkan diri. Karena, sebutnya, out pun dari Porwilsu tetap menuju PON. “Setelah menjadi juara di Porwilsu, para atlet akan tampil di Porprovsu dan kemudian menjadi andalan Sumut baik di arena Porwil Sumatera, Kejurnas ataupun Seleknas untuk meraih tiket PON. Berlatih yang serius agar Medan tetap menjadi yang terbaik di cabang catur ini,” tukasnya. Sementara itu, Sekum Percasi Medan Widodo didampingi pelatih MN Sukarnaedi menyebut, kontingen Percasi berkekuatan delapan atlet, terdiri dari lima atlet putra dan putri. “Tiga atlet putri sudah didapat yaitu Delima Pardede, Maria Siahaan, dan Intan Nurhidayah. Sedangkan putra masih dilakukan seleksi untuk memilih empat pecatur yang akan mendampingi juara Porkot Medan 2017,” tutup Widodo. (bambang nl)


24

Senin 12 Maret 2018

SPORT Selasa (13/3) 03.00 WIB Stoke City vs Manchester City

Trauma Guardiola Stoke | Jurnal Asia Manchester City akan menghadapi Stoke City di Bet365 Stadium dalam lanjutan Liga Inggris, Selasa (13/3) dinihari WIB. Ini adalah kesempatan bagi The Citizens untuk semakin mendekatkan diri ke tangga juara. Apalagi lawan City kali ini ‘cuma’ Stoke, yang hanya menang sekali dalam sepuluh laga terakhir di Premier League (M1 S5 K4). Pada awal musim, pasukan Josep Guardiola bahkan sudah membantai The Potters di Etihad Stadium dengan skor telak 7-2. Tengah pekan kemarin, City menelan kekalahan kandang pertamanya musim ini. City kalah 1-2 lawan Basel di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Meski kalah, City tetap lolos ke perempat inal karena sudah menang 4-0 di Swiss pada leg pertama. Ketika melawan Basel, Guardiola melakukan beberapa rotasi pada timnya. Di kompetisi kejam seperti Liga Champions, langkah semacam itu bisa berbuah petaka. Namun City beruntung itu tak memengaruhi kelolosan mereka. Kali ini, melawan Stoke, Guardiola bakal

menurunkan starting XI terbaiknya. Kesalahan dari laga sebelumnya tak boleh terulang. Tiga poin adalah target mutlak. Para pemain City perlu memberikan respons yang tepat usai dikalahkan Basel. Kemenangan atas Stoke adalah jawaban yang diinginkan Guardiola. Dilihat dari banyak faktor, City sangat difavoritkan menang. Di tempat ini musim lalu, City menang 4-1. Menang lagi kali ini sepertinya bukan masalah besar bagi mereka. Jelang laga ini, manajer City, Pep Guardiola, mengeluhkan jadwal timnya. Ia mengaku tidak senang bermain di hari Senin. Sebagai manajer, dia punya pengalaman buruk saat bermain di awal pekan. “Saya memiliki pengalaman buruk bermain di hari Senin. Saya ingat ketika di Barcelona, kami bermain buruk di hari Senin,” ucap Guardiola. Dia juga memaparkan pengalaman buruknya bermain di hari Senin. Ya, saat Manchester City kalah 0-1 dari Wigan Athletic di ajang Piala FA, 19 Februari lalu. “Di Wigan, kami kalah jumlah pemain saat menit ke-55. Pemain Manchester City juga tidak punya banyak waktu untuk mencetak gol,” katanya.

HEAD TO HEAD - 14-10-2017 City 7-2 Stoke (EPL) - 09-03-2017 City 0-0 Stoke (EPL) - 20-08-2016 Stoke 1-4 City (EPL) - 23-04-2016 City 4-0 Stoke (EPL) - 05-12-2015 Stoke 2-0 City (EPL) - 12-02-2015 Stoke 1-4 City (EPL) Namun demikian, Guardiola tetap fokus menghadapi Stoke City. Dia tak mau kalah dari tim peringkat ke-19 dengan raihan 27 poin. “Saya harus fokus karena bermain di kandang Stoke City sangat sulit. Terlebih lagi, mereka sedang berjuang untuk bertahan di Liga Inggris,” ujarnya. City sendiri di ambang juara Liga Inggris musim ini. Mereka membutuhkan 12 poin tambahan untuk meraih troi keduanya musim ini. Sergio Aguero dan kawan-kawan berada di puncak klasemen dengan 78 poin. Unggul 16 angka dari pesaing terdekatnya, Manchester United. Di sisi lain, nasib Stoke City sedang di ujung tanduk di musim ini. Sempat tampil apik di awal musim, The Potters justru kini terjun bebas ke posisi 19 klasemen sementara. Stoke masih berpeluang besar untuk bisa tetap bertahan di Premier League musim depan mengingat jarak poin dengan zona aman belum jauh. Syaratnya jelas mereka harus terus meraih kemenangan sembari berharap para rival di papan bawah klasemen terpeleset. Sama sepeti di musim-musim sebelumnya, Xherdan Shaqiri terus menjadi pemain yang paling penting di skuat toke City. Mantan winger Bayern Munchen dan Inter Milan itu di musim ini sudah mencetak tujuh gol dan enam assist di 27 laga Premier League yang ia jalani. Dengan kondisi Stoke City yang sedang tak bagus seperti ini tenaga pemain asal Swis itu tentu sangat dibutuhkan untuk bisa menyelamatkan The Potters dari jeratan degradasi. Stoke bahkan tak hanya sedang terpuruk di babak bawah klasemen, skuat asuhan Paul Lambert itu juga tak bisa meraih kemenangan di lima laga terakhir mereka dengan rincian empat kali meraih hasil imbang dan satu kali menelan kekalahan. Selain itu di pertemuan pertama melawan Manchester City pada Oktober silam, The Potters juga harus dibantai dengan skor 7-2. Melihat kondisi sang lawan, Manchester Ciy sangat diunggulkan untuk menang di laga nanti paling tidak dengan skor 2-0. (blc-bn-sbc-adp)

Salah “Menghilang” di Old Trafford Manchester | Jurnal Asia Mohamed Salah gagal unjuk kemampuan saat Liverpool ditaklukkan oleh Manchester United. Dia seakan hilang saat berlaga di Old Traford. Liverpool kalah 1-2 dari MU dalam duel, Sabtu (10/3) malam WIB. Marcus Rashford menjadi mimpi buruk The Reds dengan dua golnya ke gawang Loris Karius. Liverpool sekali membalas berkat gol bunuh diri dari Eric Bailly. Ketajaman Salah dalam lima pertandingan sebelumnya tak tampak. Fullback MU, Ashley Young, bisa menuaikan tugasnya mengawal sisi kiri pertahanan dengan sempurna. Di babak pertama, Salah dicatat Whoscored benar-benar tak bisa berkutik. Dia tak melepaskan tembakan, tak bisa melakukan gocekan melewati lawan, dan empat kali penguasaan bolanya direbut pemain MU. Di sepanjang pertandingan, Salah cuma melepaskan sebanyak satu percobaan. Tembakan pemain asal Mesir itupun tak bisa mencapai sasaran. Liverpool bisa melepas 14 tembakan di sepanjang pertandingan. Dengan pertahanan MU yang rapat, cuma ada dua tembakan yang sampai ke tangan kiper MU, David De Gea. Dengan kontribusi yang minim itu, wajar kalau Salah mendapatkan ponten yang jelek. Dia diberi angka 6,13 oleh Whoscored. Salah merupakan pemain yang tajam musim ini, dia sudah membukukan 24 gol. Dengan torehan itu, Salah merupakan kandidat kuat peraih sepatu emas. Jumlah golnya sama dengan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane. Kekalahan di Old Traford melebarkan jarak poin Liverpool dari Manchester United yang ada di peringkat dua. Meski demikian, Liverpool belum menyerah untuk memperbaiki posisinya. “Kami tidak akan berhenti. Tentu ini penting bagi kami. Tapi kami tidak bisa berharap dan berkata, ‘ayolah, beri kami peringkat kedua’. Kami harus menang untuk mendapatkannya,” ujar manajer Liverpool Juergen Klopp. “Hari ini kami kalah dan sekarang (selisihnya) lima poin. Saya pikir mereka semua bermain melawan satu sama lain. Sepertinya MU tidak akan memenangi semua laga dengan skor 5-0, mungkin mereka akan kalah. Kami harus memenangi pertandingan kami. Kami melawan Watford di laga berikutnya dan kami harus menang,” Klopp melanjutkan. (dc-adp)

Harian Jurnal Asia Edisi Senin, 12 Maret 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Senin, 12 Maret 2018

Harian Jurnal Asia Edisi Senin, 12 Maret 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Senin, 12 Maret 2018

Advertisement