Issuu on Google+

Sabtu, 24 September 2011 26 Syawal 1432 H/27 Peh Gwee 2562 Terbit Pertama: 29 November 1998

Eceran Rp 2.500,http://www.equator-news.com

Kalimantan Barat Sebenarnya

Bocor Rp 156 M, BPK Siap Lapor Religi

Temuan tak bisa dianggap enteng. Tenggat waktu 60 hari sudah lewat. Ada yang disengaja dan tidak disengaja. Tetap saja berdampak pada masalah hukum. Benarkah pengelolaan keuangan Pemprov hancur?

Adab Haji dan Umrah (1) Oleh Hj Yati Aryati Musim haji segera tiba, insya Allah bulan haji 1432 H akan segera tiba dan umat Islam yang dipanggilNya menjadi tamu sedang dan terus mempersiapkan diri. Menunaikan ibadah Haji merupakan satu dari lima rukun Islam yang hanya diwajibkan bagi mereka yang sanggup/mampu melakukan perjalanan ke Baitullah. Sedangkan umrah disepakati oleh para ulama untuk disempurnakan bagi mereka yang sudah memulainya, hanya karena Allah. Dalam sabdanya, Rasulullah saw juga mengingatkan untuk mengiringi haji dengan umrah demi menghapus kemiskinan dan kesalahan. Sebagaimana halnya dengan ibadah-ibadah lainnya, Islam juga mengajarkan tentang etika, adab, tata cara yang harus diketahui, dihayati, dan diamalkan agar ibadah ini menjadi sah, mendapat pahala, sempurna ,dan insya Allah akan mendapatkan balasan Allah swt.

Halaman 7 Calon jemaah haji asal Kota Singkawang sedang mendapat pengarahan saat manasik beberapa waktu lalu.

Kejahatan

Pengiriman TKI jadi Modus Trafficking BANDUNG. Perdagangan orang saat ini telah berkembang menjadi masalah global yang dihadapi oleh hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Ada banyak modus yang digunakan para pelaku kejahatan perdagangan orang di Indonesia. Salah satu modusnya adalah melalui pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri, yang jumlahnya masih mendominasi. Berdasarkan kajian yang dilakukan Migrant Care pada tahun 2009 terungkap bahwa setiap tahun setidaknya 450 ribu Warga Negara Indonesia (WNI) diberangkatkan sebagai TKI ke luar negeri yang 70 persen diantaranya adalah perempuan. Dari jumlah tersebut, sekitar 60 persen dikirim secara ilegal dan sekitar 46 persen terindikasi kuat menjadi korban tindak pidana perdagangan orang. Data ini tentu menjadi perhatian kita semua, yang menjadi korban selalu perempuan dan anakanak, ungkap Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar saat Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang Tahun 2011 yang berlangsung di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung, Jumat (23/9).

Halaman 7

Pertanahan

Seluruh Gereja di Ketapang Tak Memiliki Sertifikat PONTIANAK. Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ketapang didesak segera memproses sertifikat tanah gereja di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. Desakan itu menyusul tidak kunjung diresponnya keinginan pihak gereja agar BPN segera menerbitkan sertifikat tersebut. Jika sampai beberapa hari ke depan BPN Ketapang tidak segera memproses sertifikat gereja tersebut, kami akan mendatangi kantor BPN Ketapang, kata Anggota Komisi D DPRD Kalbar, Mijino, kemarin. Legislator Demokrat ini menjelaskan, permasalahan seluruh Gereja yang ada di Ketapang dan Kayong Utara yang belum memiliki sertifikat hingga kini masih belum menemukan solusi. Sejak 1951, gereja yang ada di Ketapang maupun yang ada di Kayong Utara, secara keseluruhan belum memiliki sertifikat meski beberapa pengurus sudah mengurus ke Badan Pertanahan Nasional, baik Kabupaten Ketapang dan BPN Pontianak dan sudah mengeluarkan dana ratusan juta rupiah. Ia menambahkan, pada Mei lalu, dirinya selaku anggota Komisi D DPRD Kalbar telah melakukan pertemuan dengan Kepala Bagian BPN Pontianak dengan janji akan segera menyelesaikan persoalan tersebut.

Halaman 7

Injet-injet Semut Bocor Rp 156 M, BPK Siap Lapor -- Waduh, Pemerintahan kok berantakan ya.

Tiga Pesawat Dikerahkan Angkut Jemaah Haji PONTIANAK. Lion Air dan Damri telah ditetapkan sebagai armada Jemaah Haji 2011. Lion akan mengangkut para jemaah dari Bandara Supadio Pontianak ke Batam. Sedangkan Damri mengangkut dari Asrama Haji ke Bandara. Terpilihnya kedua armada tersebut merupakan hasil lelang. Sebelum terpilihnya Damri, ada beberapa armada angkutan darat lainnya diundang untuk mengikuti lelang. Namun yang mengajukan lelang hanya satu armada saja

Mempawah Rp 2.500,-

Sementara untuk pesawat, Lion terpilih dalam lelang karena berani mengajukan harga murah dan berani memberikan pelayanan yang baik kepada jemaah haji, jelas Odang yang juga pjw Kepala Biro Kesejahteraan Sosial (Kesos) Pemprov Kalbar. Untuk Lion digunakan sebanyak 3 unit. Sementara untuk Bus Damri yang digunakan sebanyak 5 unit. Jumlah unit armada angkutan darat dan angkutan udara itu ditentukan dengan pem-

bagian jumlah calon jemaah haji. Jumlah calon jemaah haji pertama sebanyak 2339 orang, sementara calon jemaah haji tambahan sebanyak 103 orang. Keseluruhannya sebanyak 2442 orang. Dari jumlah calon jemaah haji sebanyak 2442 orang, keberangkatan dibagi menjadi 5 kloter, mulai dari 17 Oktober sampai 22 Oktober. Masing-masing kloter dibagi menjadi 450 orang, terangnya.

Halaman 7

Temajuk-Teluk Melano Segera Dibuka SAMBAS. Geliat Pemkab Sambas dalam menggarap perbatasan terus berlanjut di masa kepemimpinan Hj Juliarti-Pabali Musa. Jalan tembus Temajuk Kecamatan Paloh yang berbatasan dengan Teluk Melano, Malaysia Timur segera dibuka. Kawasan tersebut sudah ditetapkan pemerintah pusat sebagai jalan strategis nasional. Untuk pembangunannya menggunakan anggaran pendapatan belanja negara. Pemkab Sambas hanya bertugas membebaskan lahan, kata dr Juliarti, Bupati Sambas pada acara Focus Group Discussion (FGD) bersama Balai Litbang Sosekling Kementerian PU RI di Hotel Panturajaya Sambas, Kamis (22/9). Pembukaan jalur itu menindaklanjut i jalan Aruk Kecamatan Sajingan Besar-

Warga masih menggunakan jalur pantai untuk menempuh perjalanan menuju bagian terluar Kabupaten Sambas yang berbatasan dengan Teluk Malano Malaysia.

Halaman 7

Halaman 7

BPMD Jamin Kepastian Hukum Investor PONTIANAK. Selama ini para investor kerap mengeluhkan infrastruktur dan kepastian hukum untuk berinvestasi. Regulasi untuk mengatasi hal ini sudah ada, yakni Peraturan Daerah (Perda) Penanaman Modal yang telah disahkan belum lama ini. Akhir 2011 dan awal 2012 kami akan sosialisasikan perda itu agar semua tahu, kata Yoseph Alexander, Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Kalbar kepada wartawan, Jumat (23/9). Menurutnya, investasi yang berjalan di Kalbar selama ini disesuaikan dengan ketentuan dari pemerintah pusat. Tetapi sekarang ini dengan adanya perda itu tentu sudah ada payung hukum di daerah ini. Kehadiran perda itu diharapkan semakin banyaknya investasi yang masuk dari sebelumnya. Kemudian, kata dia, dengan disetujuinya perda tersebut, BPMD Kalbar memiliki beban tugas baru untuk dapat meningkatkan investasi di provinsi itu. Tentunya setelah adanya perda ini dituntut untuk adanya perubahan investasi ke arah yang lebih baik, terang mantan Wakil Bupati Kapuas Hulu ini.

Halaman 7

Kerawanan di Perbatasan Kalbar (4)

Rawan Infiltrasi, Perbatasan Tanpa Radar Militer Semakin komplek saja permasalahan di wilayah perbatasan yang berhubungan dengan pengamanan wilayah. Kerawanan dari negara lain belum ditangani secara utuh. Bukan saja karena minimnya personel, tetapi soal peralatan dan persenjataan.

- Bang Meng

Harga Eceran :

yakni Bus Damri, kata Odang Prasetyo, Sekretaris Umum Panitia penyelenggara Ibadah Haji Provinsi Kalbar kepada Equator, Jumat (23/9). Sedangkan armada angkutan udara ada beberapa yang mengajukan lelang antara lain Lion, Batavia, Garuda dan Sriwijaya. Namun pada saat pelelangan, Lion berhasil terpilih menjadi armada angkutan udara jemaah haji tahun 2011. Untuk bus, hanya Damri yang meng ajukan, maka itu yang kita gunakan.

PONTIANAK. Kebocoran Rp 156 miliar dan $ 11.709.282,89 anggaran Pemprov Kalbar Tahun 2010, masih dalam proses agar indikasi kerugian daerah itu bisa dikembalikan. Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI hanya di ranah administrasi. Kalau sudah ditindaklanjuti sesuai rekomendasi, itu artinya sudah tuntas semua. Jika nantinya kita menemukan indikasi pidana. Kita mempunyai kewajiban menyerahkan ke aparat penegak hukum, kata Sigit Pratama Yudha, Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalbar ditemui Equator di ruang kerjanya, Jumat (23/9). Dijelaskan Sigit, kalau ada kasus pengembalian kerugian BPK yang diproses dalam persidangan, itu belum lunas karena yang dituntut perbuatannya. Kita hanya aspek administrasi, ujar Sigit. Tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan disampaikan pejabat yang bertanggungjawab kepada BPK paling lambat 60 hari setelah Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) diterima. LHP tersebut sudah disampaikan BPK pada 21 Juli 2011 di hadapan sidang paripurna DPRD Kalbar. Namun, regulasi itu tidak secara tegas dan jelas menyebutkan 60 hari itu adalah batas waktu penyelesaian rekomendasi. Waktu 60 hari itu bukan berarti harus tuntas, kata Sigit Tetapi jika ada pengembalian atau cicilan uang sebagai tindak lanjut, maka BPK mencatatnya semua. Nanti di tim pemantauan kita yang akan mencantumkan statusnya. Mana yang sudah ditindaklanjuti dan yang belum ditindaklanjuti sama sekali, kata Sigit. Informasi awal adanya kerugian, lanjut dia, BPK akan memberikan rekomendasi agar dikembalikan ke mekanisme masing-

Singkawang Rp 2.500,-

Bengkayang Rp 2.500,-

Untuk memantau perkembangan keamanan di kawasan perbatasan Kalbar (Indonesia)-Sarawak (Malaysia Timur) sepanjang 857 kilometer, TNI AU belum memiliki radar militer. Padahal radar itu untuk memantau perkembangan keamanan di kawasan perbatasan darat dan laut. Kita belum memiliki radar untuk memantau daerah blank area di sepanjang perbatasan Kalbar dengan negara tetangga, ungkap

Sambas Rp 2.500,-

Kolonel (Pnb) Kustono, Komandan Lanud Supadio kepada wartawan, Jumat (23/9) di ruang kerjanya. Menurutnya, Lanud Supadio di bawah naungan komando sektor pertahanan udara nasional yang berpusat di Jakarta. Sehingga daerah perbatasan sulit dijangkau oleh radar yang berpusat di Jakarta. Tetapi, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya menggunakan radar sipil yang dimiliki Angkasa Pura

Landak Rp 3.000,-

Sanggau Rp 3.000,-

yang dijaga oleh satu orang personil Angkatan Udara. Kami menggunakan radar milik Bandara Supadio Pontianak untuk memantau keamanan wilayah udara, katanya. Kustono menambahkan, TNI AU saat ini secara kontinu melakukan patroli udara menggunakan pesawat tempur jenis hawk, di samping latihan dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Pilot juga secara

Sintang Rp 3.000,-

Halaman 7

Melawi Rp 3.000,-

Pesawat tanpa awak yang tengah dipersiapkan untuk Kalbar.

Kapuas Hulu Rp 3.000,-

Ketapang Rp 3.000,


2

interaktif

Sabtu, 24 September 2011



Aspirasi Warge Kote Pontianak

09.22

Oleh : Marsda TNI (Pur) Prayitno Ramelan

Pak Wali Menjawab: Sampai saat ini aturan tentang pembatasan lalu lintas kendaraan di Jembatan Kapuas I masih berlaku. Kalau ada pelanggaran dan dibiarkan, nanti akan saya minta Polisi Lalu Lintas (Polantas) tegas. Aturan yang dibuat sudah melalui kajian Bakorlantas dan semoga Pak Polantas yang tugas disitu baca Interaktif ini. Tolong ya Pak Polantas, tindak tegas yang melanggar. Terimakasih. 

EQUATORIAL

Reformasi Laporan Keuangan EQUATORIAL

Harian

Jawa Pos Media Group

W

bernama Mohammad Masoom Stanekzai. Presiden Afghanistan Karzai yang sedang berada di Amerika Serikat, saat akan bertemu dengan Presiden Barack Obama menyatakan belasungkawa sedalam-dalamnya dan mengatakan bahwa meninggalnya mantan Presiden Burhanuddin Rabbani sebagai sebuah kehilangan yang sangat tragis dari seorang patriot Afghanistan. Presiden Obama menyatakan, Kami berdua percaya bahwa meskipun telah terjadi insiden ini, kami tidak akan tergoyahkan dalam menciptakan arah dimana Afghanistan akan bisa hidup di alam kebebasan, aman, selamat dan makmur, tegasnya. PM Pakistan Yusuf Reza Gilani dan Presiden Asif Ali Zardari menyatakan mengecam terjadinya pembunuhan terhadap Rabbani tersebut. Burhanuddin Rabbani menjadi Presiden Afghanistan pada tahun 1990, setelah penarikan pasukan Uni Soviet. Dia dipaksa turun dari jabatannya setelah kelompok Taliban menyerbu

ARGA

Taliban bersenjata. Menurut badan intelijen Afghanistan, modus serangan terhadap Rabbani pada Selasa malam itu mengingatkan pembunuhan politik dua hari menjelang serangan spektakuler terhadap gedung kebanggaan Amerika Serikat WTC. Ahmed Shah Massoud pemimpin Aliansi Utara dibunuh oleh seorang yang menyamar sebagai wartawan. Selain itu diberitakan oleh para jurnalis di Afghanistan, adanya kecurigaan keterlibatan jaringan intelijen Pakistan, Inter Services Intelligence Directorate yang dikatakan selalu berusaha menghentikan upaya menengahi perdamaian antara pemerintah Afghanistan dengan Taliban. Apa pelajaran yang bisa kita dapat dan pergunakan di masa depan? Pertama, kasus pembunuhan terhadap tokoh politik serta pejabat penting di Taliban dalam beberapa kasus dilakukan oleh orang kepercayaan yang dinilai steril. Pada beberapa kasus terdahulu korban ditembak, kemudian yang terjadi terhadap mantan Presiden Rabbani di luar perkiraan para Walpri, dilakukan dengan bom bunuh diri yang disimpan di sorban. Ini adalah pembunuhan fanatis dan terarah, sasaran terpilih dan bom kecil yang disembunyikan di tempat yang tidak diperkirakan ternyata mampu menewaskan target. Kedua, petugas yang bertanggung jawab sebagai pengawal

pribadi masih memberi toleransi terhadap tamu yang mendekat ke subyek pengamanan tanpa melakukan pemeriksaan yang sangat teliti. Ketiga, intelijen kurang fokus dalam melakukan nalisa dan penilaian baik kemungkinan langkah penyerang maupun target penting mana yang sangat mungkin akan diserang. Dalam situasi dan kondisi di daerah konik yang bergolak, seharusnya pengamanan pribadi ditingkatkan dua atau tiga kali lipat. Nah, kini bagaimana di Indonesia? Yang jelas para pejabat pengamanan (pasukan pengamanan) harus lebih hati-hati dan teliti dalam melakukan pengamanan VIP/VVIP. Jangan memberikan toleransi sekecil apa pun, karena celah kecil itulah yang dicari oleh para perancang dan akan mereka manfaatkan. Celah tersebut dalam bahasa terang intelijen adalah kerawanan, dimana apabila kerawanan dieksploitir, maka akan terjadi kelumpuhan sistem dan korban dipastikan akan jatuh. Dalam kondisi masa kini, dengan pernah ditemukannya rencana penyerangan terhadap presiden oleh kelompok teroris pada tiga spot, pernah terjadinya pembunuhan bersenjata, serta adanya pembom bunuh diri di sini, kewaspadaan nampaknya memang perlu ditingkatkan. Semoga bermanfaat.

Penulis adalah pemerhati intelijen

Tangkap Mobil TNI dari Malaysia Equator edisi Sabtu, 17 September 2011 hal 16 tentang penyelundupan mobil Malaysia di perbatasan digagalkan oleh TNI. Menurut saya, itu berita lucu bin aneh dan ajaib. TNI jangan cuma berani menangkap mobil (Malaysia) yang dibeli oleh masyarakat (Kalbar). Aparat TNI juga harus berani tertibkan mobil dinas TNI yang berasal dari Malaysia. Aparat TNI juga harus bisa beri contoh yang baik pada masyarakat. Kalau kita boleh jujur, coba kita lihat mobil dinas mewah TNI semua mobil bodong Malaysia yang berubah warna jadi warna hijau. Jangan mau minta simpati masyarakat. 085386112527 19-9-2011

PINDAH ALAMAT

Mulai 11 September 2011 Jl. Imam Bonjol No. 36 Pontianak

09.26

Moratorium Kebun Bupati Sanggau tidak setuju tentang moratorium perkebunan. Alasannya, asing tidak ingin negara kita kaya. Sebenarnya yang kaya rakyat atau bupati? Menjadi budak uang para investor perkebunan/dari rakyat kecil korban perkebunan pola kemitraan 80:20 peliharaan Bapak!

.

Di Kalbar ini tiap enam bulan sekali atau setengah tahun, Kalbar mengeluarkan kurang lebih 600-an mahasiswa akuntansi dan manajemen, baik strata satu maupun diploma dan sebagainya. Namun sumber daya manusia itu apakah tidak terserap ke pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, kelurahan maupun desa? Ataukah para sarjana S-1 maupun Diploma Akuntansi yang bekerja di pemerintahan masih perlu pendidikan moral? Kerangka manajemen dan perencanaan keuangan publik mengalami reformasi sejak 2001. Namun di tahun 2011 masih banyak pemerintah daerah bikin laporan keuangannya bermasalah. Tajuk akhir tahun 2011 ini, laporan keuangan pemerintah banyak yang bermasalah, baik dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah desa. Lebih dahsyat lagi, kementerian di kabinet Presiden SBY, bukan hanya satu yang perlu diperbaiki laporan keuangannya. Jadi wajar, kalau ada pemerintah daerah menyindir, Jangan suka mengajari daerah kalau yang di pusat saja tak becus buat laporan keuangan . Ada istilah dana talangan yang tak masuk dilaporan keuangan pemerintah. Sehingga pinjam-meminjam duit rakyat capai miliaran rupiah itu, membuat kacau laporan keuangan. Sebab, ketersediaan uang nyata dan di laporan, saat ini sudah dapat dicek BPK dan koncokonconya. Jadi kalau ada kepala dinas, badan, bagian, kantor, hingga unit pelaksana teknis daerah (UPTD) meminjam duit rakyat via APBD, baiknya dilaporkan supaya tak membuat rancu laporan keuangan daerah. Di sinilah Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) panen hasil laporan pemeriksaan keuangan pemerintah daerah bermasalah. BPK-RI mendorong kepada pemerintah daerah untuk semakin memperbaiki tata kelola keuangannya agar lebih baik lagi. BPK-RI mengharapkan pemerintah daerah memperbaiki kelemahan sistem keuangan negara, terutama untuk bagian transparansi (tidak ditutup-tutupi) dan akuntabilitas (dapat dipertanggungjawabkan ke khalayak ramai). Memang sistem keuangan negara saat ini tidak sederhana dibanding sistem keuangan negara sebelumnya. Akibatnya, banyak pejabat dan analis yang belum memahami sistem keuangan negara, termasuk sistem anggaran. Pelaksanaan sistem keuangan dan anggaran, tidak sesederhana yang dibayangkan, alasannya pengelolaan keuangan negara saat ini berbeda dengan masa lalu. Penganggaran dalam sistem keuangan lama didasarkan pada kebutuhan dana. Namun dalam sistem yang baru, anggaran didasarkan pada apa yang akan dihasilkan. Reformasi anggaran menyangkut tiga hal, yaitu bagaimana aplikasi penganggaran berbasis kinerja, pengelolaan anggaran secara terpadu, dan pengelolaan anggaran jangka menengah dan jangka panjang. Enam langkah mengatasi di laporan keuangan pemerintah daerah yang perlu diperbaiki, sudah sering dimuat di Harian Equator. Namun karena manusia tempat salah dan lupa, maka ada baiknya teori itu diulang lagi. Ada enam langkah yang bisa dilakukan dalam usaha memperbaiki kelemahan di administrasi keuangan pemerintah. Pertama, perlunya menerapkan treasury single account (perhitungan perbendaharaan tunggal) secara utuh menyeluruh. Kedua, perlunya penerapan anggaran berbasis kinerja dan akrual. Ketiga, perlunya sistem aplikasi penyusunan laporan keuangan pemerintah yang terintegrasi dan andal. Keempat, perlunya kebijakan tentang pengadaan sumber daya manusia di bidang akuntansi. Kelima, perlunya quality assurance berupa penataan kembali fungsi pengawasan internal, seperti BPKP, inspektorat atau satuan pengendali intern, dan badan pengawasan daerah. Keenam, DPRD boleh membentuk Panitia Akuntabilitas Publik, agar dapat mendorong pemerintah menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPKĚśRI, serta memantau pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) secara keseluruhan. Diharapkan laporan BPK-RI, dapat membantu DPRD Kalbar memberikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan atas rancangan peraturan daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2011. ***

Mantan Presiden Afghanistan Burhanuddin Rabbani yang kini menjadi Ketua Dewan Perdamaian Afghanistan tewas terbunuh di kediamannya pada Selasa (20/9) malam oleh seorang pembom bunuh diri. Burhanuddin Rabbani adalah pejabat Afghanistan yang paling menonjol dalam melakukan rekonsiliasi perdamaian dengan Taliban untuk menghentikan perang yang telah berlangsung selama 10 tahun. Kematiannya merupakan sebuah berita yang sangat mengejutkan dan diperkirakan akan dapat menghancurkan proses perdamaian di Afghanistan. Pembom bunuh diri tersebut diketahui sebagai salah seorang kepercayaan yang pada saat pertemuan disebutkan membawa sebuah informasi penting untuk Rabbani. Pada saat pertemuan, pelaku memeluk Rabbani dan kemudian meledakkan bom yang disembunyikan di sorbannya. Ledakan tersebut membunuh Rabbani dan melukai tiga orang lainnya. Salah satu korban yang menderita luka-luka serius diketahui

dan menguasai ibukota Kabul pada tahun 1996. Rabbani kemudian menduduki jabatan sebagai presiden dari Aliansi Utara. Dia kini adalah orang terpenting yang mencoba melakukan upaya perdamaian antara pemerintahan Presiden Karzai dengan kelompok militan Taliban. Seperti diketahui, Taliban telah melakukan beberapa serangan sporadis di kota Kabul seminggu sebelum Rabbani tewas. Kemampuan Taliban melakukan serangan, bahkan pada Selasa (13/9) kantor kedutaan AS di Kabul juga mereka serang. Serangan Taliban di Kabul tersebut mengundang banyak pertanyaan akan kesiapan dan kemampuan dari pasukan Presiden Karzai dalam menjaga situasi keamanan negara menjelang penarikan pasukan AS dan NATO yang akan berakhir pada 2014. Bahkan kini tiga provinsi yang berbatasan dengan Kabul lebih banyak dikuasai Taliban. Pembunuhan mantan Presiden Burhanuddin Rabbani sebagai tokoh di Afghanistan tercatat sebagai peristiwa ketiga dalam tiga bulan terakhir. Pada bulan Juli saudara tiri Presiden Karzai, Ahmed Wali Karzai yang sehari-harinya dijaga demikian ketat, tewas ditembak teman kepercayaannya sendiri. Beberapa hari kemudian, mantan Gubernur Oruzgan Jan Mohammed Khan yang merupakan pendukung Karzai diserbu beberapa orang

085252482444 16-9-2011

19.12

Kelihatan Pelakunya Lempar batu sembunyi tangan, terbaca di Harian Equator, dari mana datangnya jelas kelihatan, pelakunya pasti orang kantor. Kalau diamati jelas kelihatan pelakunya suka berbuat kotor. Lempar batu sembunyi tangan, pelakunya suka berperilaku kotor, tak usahlah dibiarkan lama-lama, kalau lama-lama berkembanglah koruptor. L e m p a r batu sembunyi tangan, salah lempar kena kepala sendiri, bila luka nyesal kemudian, jangan pula tak mau nyalahkan diri sendiri. Pantun ini khusus untuk Equator. Jangan teruskan perilaku kotor, nanti susah membasmi koruptor.

081352028655 17-9-2011 07.04

.

!

ARIA TOUR

Hotel Garuda

.

08152244071 15-9-2011

Pelajaran dari Tewasnya Mantan Presiden Afghanistan

Jl. Pahlawan

Maaf Pak Wali, apa sekarang mobil roda 6/bis dan truk boleh lewat Jembatan Kapuas II pada jam sibuk. Saya lihat petugas pun pura-pura tidak melihat yang berakibat macet. Tolong Pak tertibkan kembali. Terimakasih atas perhatiannya.

HP : 0819-5267-5378

5HGDNVLPHQHULPDRSLQLSHPEDFDPDNVLPDOKDODPDQNZDUWRXNXUDQKXUXI6LODNDQNLULPNHHPDLOUHGDNVL#HTXDWRUQHZVFRP

Tol Kapuas I

HP:0819-5267-5378

Pengantar: Tumpahkan unek-unek, kritik, pujian ataupun komentar Anda tentang layanan umum dalam kolom SMS InterAktif. Untuk SMS yang belum dimuat harap bersabar, antre! Kami tidak melayani SMS berbau SARA dan menyudutkan pribadi tanpa fakta.

.

Sampaikan pujian, kritik, saran dan komentar Anda terkait pembangunan dan kebijakan di Kota Pontianak. SMS Anda akan dijawab langsung oleh Walikota Pontianak, H. Sutarmidji SH MHum.

Jl. Imam Bonjol

TELEPON PENTING Kriiiing....!!!!

Rumah Sakit RS. Soedarso RS. St. Antonius RS. YARSI

737701 732101 739685

Polisi Poltabes Ptk Polsek Ptk Kota Polsek Ptk Barat Polsek Ptk Selatan Polsek Ptk Timur Polsek Ptk Utara

734900 7558880 774766 736184 742910 883126

Pemadam Kebakaran Din Kebakaran Kota PMK PB PMK Bintang Timur PMK Merdeka PMK Sei Raya

730897 736344 585511 7171666 7159596

PDAM PDAM

767999

Jl. Tanjung Sari No. 168 (A. Yani), Pontianak, Telp. (0561) 582829, 08164997885

Penerbit: PT Kapuas Media Utama Press. Pembina : Dahlan Iskan. Direktur/Pemimpin Umum: Djunaini KS. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: R Rido Ibnu Syahrie. Koordinator Liputan: Hamka Saptono. Dewan Redaksi: Mahmudi, Anton Perdana, Yuni Kurnianto, Elfrida Sinaga, Misrawie. Staf Redaksi: Arman Hariadi, Abdu Syukri, Julianus Ratno, Samsul AriÂżn. Umum dan Personalia: Djailani Kasno. Kota Pontianak: Indra Nova Jarta Kusuma. Biro Mempawah: AlÂż Shandy (Jl Teratai Blok A No 3 Telp 0561-691326). Biro Kubu Raya: Yuniardi. Biro Singkawang: Mordiadi. Biro Sambas: M Ridho (Jl. Sukaramai Komp Didis Permai Blok G10, Desa Dalam Kaum, Sambas Telp. 0562-392738). Biro Sanggau: M Khusyairi (Ka Biro) (Komplek Pasar Rawa Bangun Lantai 2, Kota Sanggau). Biro Landak: Kundori (Jl Jalur 2 Ngabang depan Wisma Usaha Jaya Pal.2 Ngabang). Biro Kayong Utara: Kamiriludin (Ka Biro) (Jalan Simpang Tiga Desa Siduk, Kecamatan Sukadana). Ketapang: Kiram Akbar. Biro Sekadau: Antonius Sutarjo (stinger). Biro Kapuas Hulu: Kholil Yahya (Jl M Yasin, Putussibau Utara No 3 (Telp. 0567 22877). Biro Melawi: Sukartaji (Ka Biro) (Jl Juang Nanga Pinoh. Telp. 0568-22069). Biro Sintang: Suhardin (Jl Oevang Oeray Baning Sintang (Lantai 2 Graha Pena Kapuas Post Sintang). Biro Bengkayang: Yopi Cahyono. Promo Bisnis: Darussalam. Sekred: Juliati Fitria.

SIUPP: Nomor. 792/Menpen SIUPP/1998 Tanggal 9 Desember 1998. Terbit 7 kali/minggu

Alamat: Jalan Arteri Supadio Km 13,5. Telepon: (0561) 768677 (hunting), 725550. Fax: (0561) 768675. Telepon: (0561) 743344 (hunting), 760646. Fax: (0561) 760147.

Pracetak/Tata Wajah: Mustaan (Koordinator), Dennis, Defri (ii), Yudi. Website: Hendra Ramawan (Koordinator). Keuangan: Afrina Rosanty. Iklan: Uray Kamaruzaman (Manager), Jenggo, Deny A, A Jaiz. Pemasaran: Rosadi Jamani (Manager), Divisi Even: Mohamad Qadhafy. Distribusi: Abubakar. Iklan Jakarta: Jl. Jeruk Purut-Al-Ma’ruf No. 4 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12560 Telp. 78840827 Fax. (021) 78840828 Tarif iklan per milimeter kolom: Hitam putih Rp 7.000,00. Spot colour: Rp 10.500,00. Full colour: Rp 15.000,00. Iklan baris: Rp 5.000,00/baris (minimal dua baris maksimal 10 baris). Harga Eceran: Rp 2.500,00. Harga Langganan: Rp 65.000,00/bulan, (luar kota tambah ongkos kirim). Bank: Bank Mandiri Cabang Pontianak Sidas. Percetakan: PT Akcaya Pariwara. (Isi di luar tanggung jawab percetakan).


3

P R O

Pontianak

Sabtu, 24 September 2011

Titik Kulminasi Matahari Dijejali Pengunjung menjelang detik-detik matahari berkulminasi. Meskipun di 10 negara lain kulminasi matahari ada, tapi tidak berada tepat di tengah-tengah kota. Sutarmidji mengungkapkan, kulminasi matahari ini merupakan aset wisata dan ilmiah yang ada di Kota Pontianak. Sebab itu, dia menginginkan aset ini dikelola secara baik, namun kendalanya lahan di kawasan Tugu Khatulistiwa ini bukan merupakan aset Pemkot melainkan aset TNI. Dan mudah-mudahan sekalipun tidak kita miliki, tahun depan ketika bapak ibu berkunjung ke sini, kawasan ini sudah ada perubahan yang berarti, katanya. Kendati lahan berdirinya Peringatan titik kulminasi di Tugu Khatulistiwa. ANTON PERDANA PONTIANAK. Tak seperti hari biasanya, Kamis (22/9) kawasan Tugu Khatulistiwa dipadati masyarakat yang ingin menyaksikan langsung detikdetik matahari berkulminasi pada nol derajat.

Pesona kulminasi matahari yang terjadi bulan Maret dan Septermber ini, selalu tidak pernah sepi pengunjung. Wajar saat kulminasi, selalu banyak masyarakat yang tertarik menyaksikan fenomena alam

tersebut. Untuk titik kulminasi nol derajat yang letaknya di tengah-tengah kota itu hanya ada di Kota Pontianak, ujar Walikota Pontianak, Sutarmidji, mengawali sambutannya

266 RTH Segera Terima Bantuan Rehab PONTIANAK . Sebanyak 266 rumah tak layak huni (RTH) tahun ini, akan mendapat bantuan untuk rehabilitasi rumah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Bantuan yang akan diberikan Rp 7,5 juta bagi tiap rumah ini, berupa bahan material termasuk untuk biaya makan minum pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi rumah. Saya harap pelaksanaannya bisa dimulai awal bulan Oktober ini, ujar Walikota Pontianak, Sutarmidji saat memberikan pengarahan dan sosialisasi kepada masyarakat yang akan menerima bantuan ini, Kamis (22/9) di aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Walikota. Dalam kesempatan itu, dia juga minta kepada setiap camat dan lurah untuk ikut berperan aktif mengawasi dan

Walikota Pontianak, Sutarmidji memberikan pengarahan kepada masyarakat calon penerima bantuan rehab RTH. ANTON PERDANA memonitor pelaksanaan rehabilitasi RTH di wilayahnya masing-masing. Camat dan lurah saya minta ikut berperan aktif mengawasi pelaksanaannya, pesannya. Kepada masyarakat penerima bantuan, Walikota juga berpesan agar bantuan yang diberikan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Bantuan ini diberikan kepada masyarakat miskin yang

benar-benar membutuhkan untuk merebah rumah yang dinilai tidak layak huni sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh Pemkot. Penerima bantuan ini berasal dari masyarakat miskin berdasarkan data dari tiaptiap kelurahan. Dana yang dibutuhkan untuk rehabilitasi RTH ini senilai lebih kurang Rp 2 milyar bersumber dari APBD. (oVa)

Fly Over Jangan Pakai APBD Kota P O N T I A N A K . Simpang siur peng angg aran Feasibility Study (FS) untuk jalan layang (fly over), mengusik kalangan DPRD Kota Pontianak. Terlebih setelah membaca statement Walikota Pontianak, H Sutarmidji SH MH yang menyatakan, pembangunan sampai FS untuk fly over tidak merogoh sedikit pun kantong APBD Kota Pontianak. Namun pernyataan ini bertolak belakang dengan statement Kepala Dinas PU Provinsi, kalau FS pembangunan ply over dibiayai Kota Pontianak. Pembangunan tersebut disetujui apabila menggunakan APBD Provinsi atau bantuan dari pusat. Saya tidak setuju apabila jalan layang menggunakan APBD Kota Pontianak, kata H Syafiun, Ketua Komisi A DPRD Kota Pontianak kepada Equator, Kamis (22/9). Dijelaskan dia, daripada dana puluhan miliar digunakan untuk jalan layang, lebih baik digunakan untuk bantuan langsung ke masyarakat yang tidak

DIJUAL

Ruko Siap Pakai Fasilitas Lengkap Lokasi Strategis, Jl Komyos Sudarso (Sui Jawi Luar) Cocok Untuk Minimarket Tempat Parkir Luas,

Hubungi : 0811 567 613

mampu. Lebih bermanfaat, jika Rp 70 miliar yang diperlukan untuk FS, digunakan untuk bantuan ke masyarakat tidak mampu, paparnya. Syafiun menyadari, pembangunan jalan layang untuk mengatasi kemacetan yang kini terjadi di Kota Pontianak. Namun keterbatasan dana yang dimiliki Kota Pontianak pula, membuat tidak mungkinnya Pemkot ikutserta membiayai proyek tersebut. Kita tau pembangunan jalan tersebut bagus untuk men-

gurangi kemacetan. Apalagi di Pontianak memang sering terjadi kemacetan. Namun tidak bagus, bila menggunakan dana APBD kota Pontianak. Berapa APBD yang kita miliki, ucapnya. Pembangunan jalan layang direncanakan akan dibangun di sekitar Jalan Gajah Mada, dengan grand design yang akan dirancang sendiri oleh Dinas PU Kota dan Provinsi. Jalan layang itu juga akan dibangun di depan Pendopo hingga jembatan Kapuas. (ira)

Tugu Khatulistiwa bukan milik Pemkot, dan belum ada kesepakatan terkait lahan ini. Namun Sutarmidji, bertekad menata kawasan tersebut menjadi lebih baik. Saya juga berharap ada kerjasama nanti dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Kita ingin menyatukan agenda-agenda atau even-even yang ada di Kota Pontianak maupun yang ada di Provinsi Kalbar, ungkapnya. Dalam kesempatan itu, Sutarmidji juga menuturkan, pengunjung tidak hanya sekadar melihat bagaimana matahari berkulminasi. Tetapi dia meminta, khususnya siswa-

siswi sekolah, ke depannya untuk mencoba mengungkap tabir rahasia terjadinya titik kulminasi. Ini yang belum kita lakukan. Tahun depan, Insya Allah kita akan bekerja sama dengan BPPT untuk mengkaji secara ilmiah tentang kulminasi, agar kita tidak hanya terjebak pada kegiatan-kegiatan seremonial. Tetapi juga bisa membuka rahasia di balik kulminasi ini, paparnya. Sementara itu, salah satu utusan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Angel Arenas, yang merupakan pemakarsa penulisan puisi secara massal, mengatakan matahari merupakan sebagai

simbol pemersatu antar negara dan budaya. Hanya ada satu matahari di dunia ini dan matahari milik semua orang di dunia ini, katanya. Menurut dia, kulminasi matahari ini merupakan momen yang sangat spesial, dan momen ini digunakannya untuk mencanangkan penulisan puisi secara massal yang bertajuk Giant Poems . Puisi ini bisa ditulis oleh siapa saja dengan syarat tidak berbau politik, SARA, mengkritik dan menghujat. Setiap orang silakan menuliskan perasaan tentang keindahan dan mencurahkan perasaannya dalam bentuk puisi, ucapnya dengan ramah. (oVa)

Hari ini Musda LPM Kota Pontianak

Dua Kandidat Bersaing Ketat P O N T I A N A K . Pe l a k s a n a a n Musyawarah Daerah (Musda), Dewan Pembina Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Pontianak, di Aula Bappeda Kota Pontianak. Sabtu (24/9) bakal berlangsung panas. Dua dari Empat kandidat yang akan bertarung menduduki puncak tertinggi organisasi masyarakat ini dipastikan bersaing ketat. Terlebih dua dari empat kandidat kaya dengan nutrisi dan gizi dalam program kerja. Siapa yang tidak kenal Nanang Setia Budi, pengusaha yang kini menduduki kursi DPRD Kota Pontianak dengan Partai Demokrat, dikenal memiliki pemikiran yang cerdas. Nanang juga dikenal selalu tampil terdepan, memperjuangkan sejumlah program yang pro rakyat di DPRD Kota Pontianak. Tujuan LPM dibentuk untuk menjadi mitra bagi pemerintah. Karena melalui LPM, masyarakat juga dapat menyalurkan langsung aspirasi mereka. Apalagi LPM merupakan sebuah lembaga yang dibentuk dengan anggota para tokoh masyarakat, ucap H Nanang Setia Budi, salah seorang kandidat Ketua

H Nanang. ANTON PERDANA

Mansyur S.Ag. ANTON PERDANA

DPD LPM Kota Pontianak. Nanang juga berjanji akan memuwudkan kemandirian LPM, sebagai wadah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan yang bertumpu pada pemberdayaan masyarakat. Terpenting sekarang, bagaimana menjadikan LPM sebagai wadah dalam mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan, ujar Nanang, yang menjadi salah seorang pemegang mandat Musda DPD LPM Kota Pontianak. Selain Nanang, masih ada kandidat lain, Mansyur SAg, tokoh pemuda Kota Pontianak dan Sekretaris DPD KNPI Kota

Pontianak. Sosok Mansyur juga tidak asing, lantaran pria bertubuh tambun ini sangat aktif dalam sejumlah organisasi kemasyarakatan. Dikatakan Mansyur, pemberdayaan mempunyai dua makna. Pertama Meningkatkan kemampuan masyarakat (to give ability or enable), melalui penetapan berbagai kebijakan dan program-program pembangunan yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat. Terutama melalui program pembangunan ekonomi, dan program pembangunan sosial budaya. Kedua memberi wewenang

secara proporsional kepada masyarakat, untuk pengambilan keputusan (to give authority) , guna membangun diri dan lingkungannya secara mandiri. Jika kedua makna ini dilaksanakan, Mansyur yakin, kemandirian masyarakat akan tercipta. Saya siap bertarung, karena memiliki program kerja yang dapat membesarkan LPM Kota Pontianak, terang Mansyur yang juga anggota DPRD Kota Pontianak. Selain H Nanang Setia Budi dan Mansyur SAg, masih ada dua kandidat lainnya yang memiliki khans menahkodai perahu DPD LPM Kota Pontianak.Mafhum saja, sebagai sebuah lembaga yang mengakar di masyarakat. LPM menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan dan mensosialisasikan program kerja pemerintah. Selain itu, LPM juga berfungsi sebagai salah satu motivator bagi masyarakat. Sehingga nilai-nilai luhur seperti kegotongroyongan dan keswadayaan dapat berjalan secara optimal. Dalam musyawarah daerah (Musda) DPD LPM Kota Pontianak, suara yang diperebutkan 30 suara terdiri-dari, 29 suara dari LPM kelurahan dan DPD LPM Provinsi Kalbar. (oVa)


kalbar raya

4

Sabtu, 24 September 2011

Tindak Tegas Pungli di RSUD Abdul Aziz SINGKAWANG. Biaya kamar RSUD Abdul Aziz Singkawang untuk hari Minggu Rp30 ribu terhadap pemegang kartu Askes dinilai sebagai Pungutan Liar (Pungli). Manajeman rumah sakit harus menindak tegas oknum tersebut. Pemegang Kartu Askes berhak mendapatkan perawatan penuh dari rumah sakit, biaya obat dan inap sudah ditanggung Askes. Jadi tidak benar ada pungutan untuk biaya ruang di hari Minggu, kata Drs Tavib Putra Purba, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Singkawang yang membid a n g i Pe m b a n g u n a n d a n Kesejahteraan Masyarakat ditemui di tempat kerjanya, kemarin (22/9). Kalaupun terdapat pungutan

untuk ruang bagi pemegang kartu Akses, kata Tavip, pihak RSUD harus bertanggungjawab. Segera panggil oknum yang melakukan Pungli itu, bagaimana pun pungutan itu harus dikembalikan kepada pasien, tegasnya. D i a m e ny a r a n k a n , p e n indakan terhadap oknum RSUD Abdul Aziz itu dilakukan secara persuasif terlebih dahulu. Kalau masih membangkang, harus ada tindakan tegas, kata Tavip. Penindakan tegas terhadap pelaku Pungli tersebut, tambah dia, agar pengutan ini tidak menjadi preseden buruk bagi RSUD di kemudian hari. Jangan main di atas penderitaan orang lain, orang yang sudah sakit dibebankan lagi

biaya seperti itu, tidak benar itu. Manajemen RSUD harus bertanggungjawab, ujarnya. Sebelumnya, kendati menggunakan Kartu Askes, salah seorang warga Jalan Subah No.01, Kelurahan Mayasofa, Kecamatan Singkawang Timur, Regina Johana Ating yang menjadi pasien di RSUD Abdul Aziz masih harus membayar biaya kamar. Ibu mertua saya, Regina Johana At ing di rawat di RSUD Abdul Aziz. Namun saat keluar, masih dikenakan biaya kamar untuk hari Minggu sebesar Rp30 ribu, ujar Antonius Herleo, menantu si pasien kepada wartawan, Rabu (21/9). Herleo menceritakan, ibu mertuanya itu dirawat di

RSUD selama enam hari sejak Kamis (15/9). Setelah keluar dan menyelesaikan masalah administrasi. Petugas kasir masih menagih uang Rp30 ribu untuk membayar sewa kamar hari Minggunya, katanya kaget. Dia sangat menyesalkan hal tersebut, padahal keluarganya itu sudah mengantongi kartu Askes. Jadi yang dikenakan biaya itu sewa kamar di hari minggu-nya. Padahal keluarga kami jelas-jelas menggunakan Askes, kata Herleo. Sebenarnya dia bukan menyayangkan besaran uang Rp30 ribu itu, tetapi hanya mengeluh bagaimana bisa hal yang merugikan warga itu terjadi di Rumah Sakit milik pemerintah seperti RSUD

Abdul Aziz. Apalagi, tambah Herleo, ketika dipertanyakan ke Kantor Askes, memang seharusnya keluarganya tidak mengeluarkan uang itu. Kami sudah mempertanyakan kepada petugas Askes, dan dikatakan tidak harus dikenakan biaya semacam itu, katanya. Sementara itu, saat dikonfirmasi via selular, Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Carlos Jafara menegaskan, tidak ada pungutan semacam itu (biaya kamar hari minggu bagi pengguna Askes). Terkait dengan keluhan tersebut, kami akan segera menyelidikinya, siapa petugas yang meminta bayaran itu. Kita akan lacak, tegasnya. (dik)

Tavi Putra Purba. MORDIADI

Kota Pontianak Tertinggi Penderita Campak

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Melchias Markus Mekeng. jpnn

Tantang KPK Ungkap Mafia Anggaran JAKARTA. Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRI RI, Melchias Markus Mekeng, menantang Komisi PemberantasanKorupsi (KPK) dan aparat penegak hukum lainnya untuk mengungkap dugaan praktik calo anggaran di Banggar. Dia tidak ingin Banggar selalu dikambinghitamkan. Jangan calo-calo-calo terus, negara ini hiruk pikuk nggak jelas. Ini kan sudah menyentuh Banggar. Sekarang sebut dong (siapa orangnya). Kalau calo itu kan oknum, tegas Mekeng kepada pers, di Jakarta, Kamis (22/9). Politisi Partai Golkar itu tak mau membantah tudingan bahwa di Banggar disebut-sebut ada calo anggaran. Kita tidak tersinggung tapi ingin memperjelas tafsir terhadap UU, tegas politisi Partai Golkar itu. Mekeng juga meminta pimpinan DPR RI memanggil aparat penegak hukum untuk menjelaskan mekanisme penganggaran yang di Banggar. Menurut dia, ada perbedaan pemahaman di kalangan penegak hukum terhadap wewenang Banggar. Makanya kita meminta pimpinan DPR memanggil penegak hukum, kata dia. Seperti diketahui, sebelumnya Mekeng dan tiga wakil pimpinan Banggar yakni Mirwan Amir (Fraksi Partai Demokrat), Tamsil Linrung (Fraksi Partai Keadilan Sejahtera) dan Olli Dondokambey (Fraksi PDI-Perjuangan), diperiksa KPK. Mereka dimintai keterangan sebagai saksi terkait kasus dugaan suap dana program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) Transmigrasi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Menurut Mekeng, Banggar hanya diminta klarifikasi oleh KPK. Di KPK kita ditanya tentang prosedur, kita kan bukan duduk di kursi pesakitan. Kenapa kita ditanya soal mekanisme, ini kan nggak fair. Jadi sudah tidak sehat menurut hemat saya, ucap Mekeng menyesalkan pemanggilan itu. Ditegaskannya, pemanggilan yang dilakukan KPK terhadap pimpinan Banggar itu sudah tidak sehat. Alasannya, kewenangan Banggar dilindungi UU. Kalau kita menjalankan tugas sesuai undang-undang terus ada orang yang punya masalah kita yang ditarik-tarik ini sudah tidak sehat namanya, kata dia. (jpnn)

PONTIANAK. Dinas Kesehatan (Diskes) Kalbar terus mensosialisasikan antisipasi peningkatan penyakit campak. Apalagi jumlah suspek campak di 14 kabupaten/kota masih tinggi, mencapai 349 kasus terhitung dari Januari-Agustus 2011. Terbanyak suspek campak berada di Kota Pontianak dengan jumlah 124 kasus. Disusul oleh Kabupaten Melawi dengan jumlah 47 kasus. Sedangkan kasus campak terkecil berada di Kabupaten Sekadau, ungkap drg Aning Hastuti SMKM, Kasi Pencegahan Penyakit Diskes Kalbar, Jumat (23/9). Menurut Aning, Dinkes Kalbar akan mengajak seluruh masyarakat yang memiliki bayi kisaran umur 0-59 bulan untuk mengikuti imunisasi campak. Sehingga pihaknya menyiapkan 5066 pos imunisasi yang tersebar di seluruh kabupaten/ kota di Kalbar. Sementara kader yang disiapkan untuk mengimunisasi campak dan polio sebanyak 15.457 petugas. Target kita sebanyak 491.201 bayi bisa mengikuti imunisasi campak dan polio, tegasnya. Dijelaskan Aning, kegiatan kampanye massal itu rencananya akan dilaksanakan pada 18 Oktober hingga 18 November 2011, guna terbebasnya seluruh anak dari penyakit campak dan polio. Tujuan sosialisasi campak dan polio, guna tercapainya target reduksi (pengurangan) campak

Ilustrasi imunisasi campak. dan eradikasi (menghilangkan) polio serta untuk menghilangkan kelompok rawan campak di daerah berisiko tinggi. Selain itu, kegiatan tersebut dilaksanakan guna menurunkan kematian karena penyakit campak sebesar 90 persen dari tahun sebelumnya. Kegiatan tersebut, imbuhnya diharapkan dapat menjangkau anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio dan campak pada

pelayanan rutin, harapnya. Aning menjelaskan, campak merupakan penyakit menular dengan gejala kemerahan berbentuk makulo popular selama tiga hari. Didahului dengan panas tinggi selama 38 derajat celcius disertai, batuk, pilek dan mata merah. Sedangkan polio, merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan yang permanen bagi

balita hingga tumbuh dewasa. Gejala klinis terserang campak yaitu dengan ditandai panas badan hingga 38 derajat celcius. Kemudian timbul gejala kemerahan pada tubuh setelah satu minggu sampai satu bulan akan berubah kehitaman sehingga kulit tampak bersisik dan disertai batuk, pilek serta mata merah, terangnya. Sebisa mungkin, kata Aning, setelah terdapat tandatanda awal sebaiknya segera

dibawa ke rumah sakit atau pihak medis agar dapat ditangani secepatnya, sehingga tidak menimbulkan kematian. Sementara itu, penyakit polio lebih banyak menyerang anak-anak kelompok umur di atas tiga tahun. Penyakit ini dapat menular melalui manusia yaitu dengan transmisi virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut, jari tangan dan kaki. Diskes Kalbar mengimbau masyarakat untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus Morbili ini. Makanya, dalam sosialisasi tersebut, petugas kesehatan dan kader di samping melakukan penyuluhan penyakit juga memberikan imunisasi. Jadi petugas kesehatan bersama kader, melakukan penyuluhan tentang apa itu penyakit campak dan polio. Sekaligus memberikan imunisasi campak dan polio, pada Puskesmas dan Poskesdes terdekat yang telah disediakan, bebernya. Aning mengaku, antisipasi pe n c e g a h a n p e n i n g k a t a n kasus campak ini bertujuan untuk menyingkirkan (eliminasi) campak dan eradikasi polio. Maka, pihaknya mengimbau kepada seluruh orangtua yang mempunyai balita umur 0-59 bulan, untuk datang ke pos imunisasi terdekat, untuk mendapatkan imunisasi campak dan polio tersebut. Sehingga kasus campak dan polio dapat disingkirkan atau dimusnahkan, pungkasnya. (oen)

Pemuda Katolik Gelar Mapemta dan Rapimda P O N T I A NA K . M e m b u k a penerimaan anggota baru dan mempersiapkan program kerja, Pemuda Katolik se Kalbar mengadakan Masa Penerimaan Anggota (Mapemta) dan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) di Hotel Merpati, Jalan Imam Bonjol, Kamis (23/9). Acara tersebut dilaksanakan 23-25 September. Mapemta bertujuan untuk

menerima anggota baru. Kemudian Rapimda bertujuan untuk menyusun program intern pemuda Katolik, ungkap Yasinta SPd, ketua panitia pelaksanaan Mapemta dan Rapinda ditemui disela-sela kegiatan, kemarin. Yasinta mengatakan, mereka yang tertarikbergabung dengan pemuda Katolik harus mengikuti Mapemta. Se-

bagai salah satu syarat harus memiliki sertifikat dari hasil mengikuti Mapemta. Para peserta yang mengikuti Mapemta sebanyak kurang lebih 60 orang, terdiri dari Orang Muda Katolik (OMK), Keluarga Mahasiswa Khatolik (KMK) dan pengurus cabang pemuda Katolik dari seluruh kabupaten/kota. Dalam Mapemta kita

menjelaskan tentang anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Dalam Mapemta ini juga kita berikan penjelasan tentang perjuangan Pemuda Katolik. Intinya Mapemta ini adalah perkenalan kepada calon anggota baru, jelasnya. Sedangkan Rapimda, membicarakan penyusunan program ke depannya. Selain itu,

akan dibicarakan persiapan Kongres Pemuda Katolik 2012 Seluruh Indonesia yang akan dilaksana di Pontianak. Seperti hasil rapat Kongres di Palembang tahun 2008 lalu, Pontianak akan menjadi tuan rumah Kongres tahun 2012. Maka dari itu, kami juga akan mempersiapkannya dan membicarakannya dalam Rapimda, ungkap Yasinta. (ira)

Promo Tepat Sasaran Hanya Rp15.000/hari

Pasang 6 x Terbit 7 Kali Pasang 25 x Terbit 30 Kali

* Syarat dan Ketentuan Berlaku

Buat apa Bayar Mahal Kalau hasil nya Sama Innovation for Tomorrow

Innovation for Tomorrow

Khusus menjual : Daihatsu Daihatsu Sebar Sebar Hadiah Hadiah Terbesar! Terbesar! Tenor

Bunga

5,1

5

Tahun

Angsuran Cuma

3 Jt-an

Dp 10 %

Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 18 Pontianak (Jl. Penjara / dpn Jl. Beringin) Telp. (0561) 743999

( FREE Angsuran 1 Bln)

Hubungi :

ª

REFLEXIOLOGI TITIK-TITIK AMPUH

IZIN PRAKTEK DINKES NO. 448/574 PKPM 2002

*

%

THERAPY

Kardiansyah 081257282270 085654400673

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN EJAKULASI DINI • LEMAH SYAHWAT • MANI ENCER • IMPOTEN • PROSTAT • HERNIA • KANKER PAYUDARA • KANKER RAHIM • KEPUTIHAN • TERLAMBAT DATANG BULAN • BELUM PUNYA KETURUNAN • KISTA • AMANDEL • ASAM URAT • MATA RABUN • FLU/PILEK MENAHUN • TELINGA BERNANAH • AMBAYEN/WASIR • STROKE • DIABETES • GINJAL • TUMOR • LIVER • REMATIK • GONDOK • POLIP • AYAN • MAAG • SIPILIS • JANTUNG • ASAM URAT • ASMA • DARAH TINGGI/RENDAH • EXIM/GATAL-GATAL

DITANGANI LANGSUNG OLEH SHINSHE MURSYID AL MUDAWALI HP. 081345500116 Jl. Tanjungpura Gg. Kamboja No. 19 Samping Ramayana Mall Pontianak Buka: 08.00-20.00 WIB

DISCOUNT s/d 25 Jutaan

'3 SWIFT-APV-SX4-X OVER

Proses

MUDAH & CEPAT

JOHANES

081256606125 0561 753897 7

D PH MURA

FORD FIESTA

280 jt

Xenia

Cashback s/d

25 jt

194 jt RANGER | ESCAPE |EVEREST | FIESTA

Hubungi: YAYAT Hp: 08125721381 / 085252465555

DP 10% S/d 4 Th

Grand Max PU-BOX Gran Max

Segera Hubungi :

DODY 08125608423, 0561-7565151

Dapatkan Cash Back s/d 15 jt

Jl. Kom Yos Sudarso

Buruan Beli Daihatsu Dapatkan Promo Undian “DAHSYAT “DAHSYAT” ” Promo Undian Bulan Juni S/d Oktober 2011

SEDOT WC

Hub: Telp. (0561)772807

Fasilitas: 1 Unit instalasi pengolahan IPLT 2 Unit kendaraan jenis vacuum truck

Gran Max Pick up

Melayani : • Lebih 1000 Model Undangan Terbaru • Aneka Souvenir Kawinan ( Ratusan Model Ready Stock) • Cetak Yasin, Kop, Bon, Nota, Digital Printing

Kunjungi Workshop Kami : PERCETAKAN ANUGRAH Jl. Kh. Wahid Hasyim No. 60 Pontianak Telp. (0561) 7057240, 7537420 (Depan Supermarket Asoka Baru) PERCETAKAN ADI Jl. H. Rais A. Rahman Gg. Gunung Sahari No. 21 Pontianak Telp. 7183366, 081282587257, (Belakang Garuda Mitra)

DP mulai 10%

DP mulai 10 %

SUI JIN

Obat Telat Bulan LEMBAGA PELATIHAN KERJA SWASTA Full ac

Melayani : 1. Pelatihan mekanik motor reguler 2. Pelatihan mekanik mobil reguler 3. Pelatihan analisa engine dgn komputer/Scanner EFI 4. Penyediaan alat Scanner EFI 5. Service mesin EFI, Reset Oil, Mobil : Asia, Amerika dan Eropa

Jl. Tabrani Ahmad No. 16-19 Sui Jawi Dalam Pontianak Barat Telp : (0561) 773672 HP : 0811563377

ARIS TAXI Pontianak - Sanggau

Xenia VVT-i

TERIOS • SIRION • LUXIO • GRAN MAX PU/MB 08125747270 Hub: 0561-7062289

ce

RANGER RAS CABIN

-XWDDQ

LUXIO

Rp. 950.000,-

Undangan & Souvenir tak

Proses Mudah dan Cepat

'3

DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN KOTA PONTIANAK

Kontak Person : Deny 0811570832 Jaiz 085245411544 Of¿ce : 0561-721229

Anda telat ??? Produk Import baru 486 pil. untuk telat bulan 5- 7 jam di jamin lancar. Aman & Bergaransi sampai tuntas

- Melayani Carter Dalam & Luar Kota - Pengiriman Barang Telp : (0561) 7161816 Telp (0561) 3305303 Hp : 085245502235 (0561) 779655 081522675500 Hp : 081256271689 Sanggau Pontianak Kantor Cabang : Kantor Pusat : Jl. Ahmad Yani No. 24 Jl. Tabrani Ahmad (Samping Hotel Komp : Hasia Permai Merpati) No. B 8

Menerima Service Panggilan SI

ARAN

BERG

Hubungi : Apotik Sinar Darma Jl. Ampera 88 B Surabaya ( Pasar Wonokromo)

TV, Mesin Cuci, AC, Kulkas, dll

Hp 08125095088

YM/email: sunhanpnk@yahoo.com

JUAL SOUND WALET

Hubungi: SUN

0561-7505158


5 jendela usah a

Info

Selular

Peluncuran iPhone 5 Dipercepat 4 Oktober

Berita bermunculan di internet tentang kesimpang-siuran akan sebenarnya iPhone 5 akan diluncurkan. Kabar terakhir datang dari CEO Orange yang menyatakan, bahwa smartphone keluaran Apple itu akan hadir tepatnya 15 Oktober tahun ini. Namun Kamis (22/9) pagi kabar kembali mencuat, setelah Chief Executive Apple yang baru Tim Cook mengeluarkan kabar yang menggembirakan. Menurut John Paczkowski dengan Wall Street Journal AllThingD Network mengatakan, bahwa Apple akan menyelenggarakan acara berikutnya pada tanggal 4 Oktober, dan diperkirakan acara tersebut menyambut kedatangan iPhone 5. Paczkowski seperti dikutip dari laman tekno.sidomi, juga mengumumkan bahwa gadget terbaru dari Apple itu akan segera bisa dinikmati oleh khalayak umum, beberapa minggu setelah tanggal pengumuman yang diberikan oleh pihak Apple. Apple sampai saat ini masih merahasiakan bagaimana bentuk dari iPhone 5 yang akan diluncurkannya itu. Akan tetapi banyak spekulasi yang memberikan gambaran iPhone 5 nantinya akan memiliki perubahan pada ukuran layar dan dimensinya tapi banyak yang juga menebak bahwa bentuk generasi terbaru iPhone ini tak banyak mengalami perubahan seperti iPhone 4. Apple sekali lagi menutup rapat ide merak dan konsumen pun dibuat menebak seperti apakah generasi terbaru iPhone yang ada digambaran kepala mereka. Entah kapan tanggal pasti Tim Cook akan segera keluar dan melakukan presentasi pertamnya. Namun yang pasti konsumen di seantero jagad sedang menunggu kedatangan iPhone 5, apalagi liburan Natal dan tahun baru yang hampir dekat dan merupakan saat yang tepat untuk bagi-bagi hadiah, terutama menanti datangnya hadiah iPhine 5. (ts)

Sabtu, 24 September 2011

Warung Tenda Menjamur, Budidaya Lele Melejit Reputasi Lele Dumbo sejak diperkenalkan di Indonesia tahun 1985 langsung melejit. Pertumbuhan yang cepat, serta penyerapan pasar yang sangat tinggi seiring menjamurnya warung tenda pecel lele membuat para pelaku bisnis melirik budidaya lele. Tetapi seperti dikutip dari laman idepeluangusaha, ternyata laju produksi belum berhasil mengimbangi laju permintaan, sehingga pasar selalu kekurangan pasokan. Inilah yang menantang para ahli perikanan untuk menemukan varietas lele baru, yang pertumbuhannya lebih cepat tanpa mengurangi kualitas dan cita rasa daging lele yang sudah ada, bahkan deng an cita rasa yang lebih baik. Maka lahirlah Lele Sangkuriang, tang merupakan hasil perkawinan induk Lele Dumbo betina generasi kedua (F2) dengan induk jantan Lele Dumbo generasi keenam (F6). Perkawinan ini dilakukan oleh Balai Besar

Pe n g e m b a n g a n B u d i d a y a Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Meskipun bermoyang lele Dumbo, namun lele Sangkuriang memiliki kelebihan dibandingkan leluhurnya. Jika dibandingkan dengan Lele Dumbo, Lele Sangkuriang memiliki produktivitas lebih t ingg i, panen lebih cepat, kemampuan daya tetas telur lebih tinggi, daya t a h a n t e r h a d a p p e ny a k i t lebih tinggi dan rasa dagingnya lebih gurih. Lele Sangkuriang hanya membutuhkan waktu 50 ‒ 60 hari untuk siap dipanen. Konversi pakan pada Lele Dumbo adalah 1,2 : 1, sedangkan pada Lele Sangkuriang 1:1. Artinya untuk menghasilkan daging 1 kilogram cuma dibutuhkan pakan l kilogran. Begitu pula dengan kemampuan bertelurnyanya pun berbeda. Jika indukan Lele Dumbo hanya bertelur antara 2000-15.000, Lele Sangkuriang mampu hingga 20.000. Untuk pasokan lele, kemajuan teknologi mempercepat

Analisis Bisnis Pembesaran Lele Sangkuriang Biaya Investasi - Pembuatan satu kolam terpal ukuran 2 meter x 5 meter Rp 500.000 Biaya Produksi - Pembelian benih 1000 ekor @Rp 150 Rp 150.000 - Pakan 3 kg pelet L1 @Rp 7.500 Rp 22.000 5 kg pelet L2 @Rp 7.000 Rp 35.000 22 kg pelet PL @Rp 6.700 Rp 147.000 - 70 kg pelet tenggelam @Rp5.400 Rp 378.000 - Biaya penyusutan kolam 10% x Rp 500.000 Rp 50.000 Total biaya produksi Rp 782.400 Pendapatan Total produksi x harga lele/kg (12 x Rp 11.000) Rp1.320.000 Keuntungan Keuntungan = Total pendapatan ‒ Total biaya produksi = Rp 1.320.000 ‒ Rp 782.000 = Rp 537.600 Analisis Kelayakan Usaha BEP Harga = Total biaya produksi Rp 782.400 Rp 6.550./kg Total produksi 120 BEP Produksi = Total biaya produksi Rp 782.400 71,2 kg Harga jual/kg 11.000 Artinya pembesaran tidak mengalami keuntungan maupun kerugian jika dijual Rp 6.550/kg, atau jika produksi yang terjual hanya 71,2 kg.

masa panen akan membuat pasar menjadi jenuh, karena tingkat kebutuhan konsumsi daging lele masih jauh dari tercukupi. Untuk Jakarta dan sekitarnya saja per hari kebutuhan daging lele mencapai 80 ton. Sementara kemampuan memasok baru 60 ton per hari. Itu pun sudah memperhitungkan pasokan yang diambil dari luar daerah, misalnya dari Indramayu. Para pemula dalam bisnis

gunakan terpal yang dipres bukan dijahit, supaya air tidak merembes. Populasi disarankan tak lebih 100 ekor per meter kubik. Selain dimaksudkan agar ikan mengalami pertumbuhan yang maksimal, juga meminimalisir kanibalisme, yang memang sudah menjadi t a b i a t a l a m i a h l e l e . Pe m berian pakan tepat serta populasi tidak terlalu padat perilaku lele. Mula-mula kolam terpal diisi air setinggi 50 centimeter dan diberi pupuk kandang atau kompos. Setelah delapan hari akan muncul jentik-jentik dan benih ikan ukuran 4 ‒ 6 centimeter bisa ditebarkan ke dalamnya. Selama masa pembesaran itu, pakan berganti sekitar empat kali sesuai dengan pertumbuhan ikan. Setiap kali pergantian jenis pakan, kolam ditambah air setinggi 20 centimetr. Sehingga pada saat siap panen tinggi air kira-kira 120 centimeter. Kondisi PH air juga harus selalu dikontrol, terutama sekali setiap habis hujan, karena biasanya derajat keasaman air meningkat. (ipu)

Icip-icip

Ayam Kapitan

Ayam berbumbu santan ini memang mirip kari. Kuahnya kental, gurih dan wangi. Bisa dimakan dengan nasi putih, tetapi juga enak dicocol dengan roti jala. Hmm..yummy Bahan : 3 sendok makan minyak sayur 500 gram daging ayam, potong-potong 500 ml santan 2 sendok makan susu, larutkan dengan 100 ml air Bahan dihaluskan: 6 buah cabai merah 6 butir bawang merah 4 siung bawang putih 4 butir kemiri 1 cm kunyit 1 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus 1 sendok teh terasi goreng ½ sendok teh merica butiran 2 buah Maggi® Blok Rasa Ayam ½ sendok teh gula pasir Bahan taburan: 2 sendok makan bawang merah goreng Cara Mengolah : 1. Tumis bumbu halus hingga harum. 2. Masukkan ayam, aduk hingga kaku dan berubah warna. 3. Tuangi santan, masak hingga mendidih dan kuah kental, angkat. 4. Sajikan hangat dan taburi bawang merah goreng sebagai pelengkap. Tips: - Selain daging ayam potongan bisa dipakai ayam yang masih bertulang. - Agar kuah tidak terlalu kental gunakan santan yang sedang, tidak terlalu kental. Bisa dibuat dari ½ butir kelapa parut. (rspkta)

ini disarankan untuk memulainya dengan membesarkan 1000 Lele Sangkuriang terlebih dahulu. Hitung-hitung sebagai wahana untuk belajar. Untuk pembesaran ikan Lele Sangkuriang berskala bisnis, minimal harus membudidayakan 3000 ekor. Ko l a m d i s a r a n k a n a g a r menggunakan kolam terpal. Alasannya, deng an kolam terpal pemanenan lebih gampang dan hasil panen juga lebih mudah diprediksi. Disar a n k a n , s e b a i k ny a m e n g -

Tips usaha

Pahami Penyakit Pada Ikan Lele Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang ikan lele bisa disebabkan oleh bakteri, parasit atau bahkan cacing. Penyakit ‒ penyakit yang sering dijumpai oleh para peternak ikan lele adalah cendawan, bintik putih, borok, cacingan serta trichodina. Untuk terhindar dari kerugian besar, para petani ikan lele harus dapat mengendalikan penyakit-penyakit. Tentunya seperti dikutip dari laman amanahbibitlelesangkuriang.blogspot.com, dengan terlebih dahulu mengetahui penyebab dari penyakit tersebut serta gejala yang muncul, sebelum pada akhirnya nanti mengetahui bagaimana caranya untuk menanggulanginya. Cendawan 1. Jenis yang dapat menyerang adalah saprolegnia dan achyla, dimana mereka sering dijumpai di perairan yang kaya akan bahan organik. 2. Penyakit ini menyerang ikan lele yang sudah teruka atau yang sedang berada

dalam kondisi lemah. 3. Gejala yang ditunjukkan oleh ikan lele yang terserang oleh penyakit ini adalah bahwa pada sekitar lukanya banyak dijumpai serabut berwarna putih. 4. Beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah: kepadatan tebar dikurangi dan air kolam ditaburi dengan garam dapur sejumlah 5 gram / m2. 5. Beberapa tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah: merendam ikan lele yang sakit ke dalam air PK berdosis 1 gram / 100 liter air. Proses perendaman dilakukan selama 30 menit. Jamur dapat dihilangkan dengan menggunakan obat Furazolin. Bintik Putih 1. Penyebab dari munculnya penyakit ini adalah ichthyophthirius multifiliis dimana mereka akan menyerang ikan lele yang dipelihara didalam kolam yang airnya menggenang.

2. Gejala yang ditunjukkan oleh ikan lele yang terserang oleh penyakit ini adalah bahwa pada permukaan kulit dan juga insang ikan lele banyak dijumpai bintik ‒ bintik berwarna putih yang apabila dibiarkan terlalu lama, kulit dan insang ini akan rusak sebelum pada akhirnya nanti ikan lele akan mati dalam hitungan jam. 3. Beberapa tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah: Memperbaiki sistem sanitasi, air kolam ditaburi dengan garam dapur sejumlah 30 gram / liter air, sebanyak 2 ‒ 3 kali berturut ‒ turut, penggunaan malachyte green berdosis 0,1 gram / m2 sebanyak 2 hari sekali hingga ikan lele sembuh. Borok 1. Merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh para peternak ikan lele dikarenakan dapat menyebabkan kematian massal. 2. Penyebab dari munculnya penyakit ini adalah aeromo-

nas dan pseudomonas dimana mereka meenyerang organ dalam ikan lele, seperti hati, limpa serta daging. 3. Gejala yang ditunjukkan oleh ikan lele yang terserang oleh penyakit ini adalah munculnya borok diseluruh permukaan kulit ikan lelel. Borok ini akan mengeluarkan nanah jikan penyakit ini memarah. 4. Beberapa tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah mengkarantinakan ikan lele yang sakit dan pemberian antibiotik pada ikan lele yang masih sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Antibiotik ini dapat diberikan dengan cara dicampurkan ke dalam pakan ikan lele dengan dosis antibiotiknya adalah sebesar 1 mg / kg pakan. Selain itu air kolam ditaburi dengan garam dapur sejumlah 10 kilogram yang telah dicampur dengan tumbukan daun pepaya. Cacingan 1. Jenis yang dapat menyerang adalah dactylogyrus dan gyrodactylus, dimana mereka sering dijumpai dikolam yang kepadatan tebarnya terlalu tinggi serta baru saja

mengalami perubahan lingkungan hidup yang drastis dan mendadak. Mereka sering menyerang bagian insang ikan lele (akan menyebabkan kesulitan dalam hal bernafas) serta kulitnya (menjadi berlendir). 2. Gejala yang ditunjukkan oleh ikan lele yang terserang oleh penyakit ini adalah menurunnya nafsu makan serta ikan lele sering berenang ke atas permukaan air. Beberapa tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah, mengganti air dalam jumlah yang besar, air kolam ditaburi dengan garam dapur sejumlah 40 gram / m2, merendam ikan lele yang sakit ke dalam air PK berkonsentrasi 0,01 % selama 30 menit. Trichodina Penyakit ini disebabkan oleh protozoa, dimana mereka menyerang bagian insang dari ikan lele. Ikan yang terserang oleh penyakit ini akan berputar ‒ putar dan muncul diatas permukaan air. Tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah merendam ikan lele yang sakit ke dalam air berformalin berkonsentrasi 15 ‒ 20 ppm. (in)


sosialita

6

Sabtu, 24 September 2011

Tanpa Ajudan, Mahfud Siap Dipanggil Penyidik JAKARTA - Hukum itu bersumber dan dikontrol akal sehat (common sense)

masyarakat. Karena itu, ketika penegakan hukum berjalan tidak sesuai akal sehat, maka pasti mendapat penolakan kuat dari publik. Diungkapkan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, penetapan tersangka terhadap mantan panitera MK, Zainal Arifin Hoesein, sangat tidak bisa diterima akal sehat. Mahfud menjelaskan, untuk menunjukkan sebuah penyidikan berjalan sesuai prosedur atau tidak itu cukup mudah. Caranya, dengan membeberkannya ke publik dan otomatis akan muncul penilaian. Karena itu, ia sangat menyayangkan jika sampai

muncul permainan penetapan tersangka dalam kasus surat palsu MK itu. Untuk menetapkan tersangka itu memang mudah, setiap keputusan apapun yang ingin kita keluarkan itu ada pasalnya semua. Kita mau menetapkan seseorang bersalah, itu bisa dicarikan pasalnya, begitu juga sebaliknya. Tapi, pada gilirannya common sense yang akan menilai apakah putusan itu benar atau salah, ucapnya, di gedung MK, Kamis (22/9). Karena itu, menyangkut rasa keadilan, Mahfud mengaku siap membela mati-matian anak buahnya tersebut. Hal itu karena pengonsep surat palsu yang diduga dilakukan Andi Nurpati hingga kini bebas tidak tersentuh hukum. Menurutnya, langkah itu bukan termasuk bentuk intervensi MK terhadap kinerja penyidik. Saya tidak akan intervensi penyidik dan kami juga tidak ingin diintervensi. Maksud saya, penetapan Andi Nurpati jadi tersangka itu soal kecil, tapi kami

ingin keadilan ditegakkan terkait Pak Zainal, jelasnya. Tidak hanya itu, Mahfud juga siap mendatangi penyidik Bareskrim Polri untuk membela posisi mantan panitera pengganti MK Zainal Arifi n Hoesein. Ia menegaskan, pihaknya akan datang tanpa pengawal dan hanya membawa ajudan pribadi untuk memenuhi permintaan penyidik. Hal itu dilakukan untuk menyiasati aturan agar proses penyidikan berlangsung cepat. Karena kalau penyidik memanggil saya dalam kapasitas Ketua MK, maka harus minta ijin kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan itu pasti membutuhkan waktu lama, katanya. Mahfud mengaku, MK memiliki tanggungjawab moral untuk melindungi anak buahnya yang diperlakukan tidak adil oleh penyidik. Apalagi, penetapan tersangka bagi mantan koleganya itu sangat janggal, padahal yang bersangkutan adalah korban.(ris)

Pemda Diminta Menghitung Kebutuhan Riil PNS JAKARTA - Pemberlakuan moratorium penerimaan CPNS yang dimulai 1 September 2011 hingga 31 Desember 2012, hendaknya digunakan sebaik-baiknya oleh pemerintah daerah untuk menata organisasinya. Terutama untuk menghitung jumlah kebutuhan PNS berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja. Jadi moratorium itu bukan berarti pemdanya tidak bekerja. Justru dalam masa penundaan yang hanya setahun ini, pemda harus kerja keras untuk menata organisasi kepegawaiannya, ungkap Sekretaris KemenPAN dan RB, Tasdik Kinanto, Rabu (21/9). Pemda (kepala daerah), lanjutnya, harus menghitung ulang jumlah kebutuhan PNS di wilayahnya masing-masing. Sebelum kemudian mengajukan usulan formasi ke pusat. Pasalnya, selama ini formasi yang diajukan daerah asal-asalan tanpa didasari analis jabatan dan beban kerja. Perhitungan jumlah pegawai ini harus sesuai PerMenPAN&RB No 26 Tahun 2011. Setelah itu hasilnya baru dilaporkan ke MenPAN&RB dan dilaporkan pada kepala BKN paling lambat akhir Desember 2011. Hingga saat ini, baru enam daerah yang telah memasukkan laporannya. , tuturnya.

Berbeda dengan penetapan kuota CPNS tahun-tahun sebelumnya, mulai 2011, fungsi gubernur semakin diperkuat. Setelah datanya dimasukkan, pemerintah pusat bersama gubernur melakukan penghitungan jumlah kebutuhan PNS untuk kabupaten/kota. Untuk penghitungan kebutuhan PNS di provinsi dilaksanakan oleh pusat (KemenPAN&RB dan BKN), ujarnya. Hasil penghitungan itu kemudian divalidasi bersama Menkeu untuk menentukan kebutuhan riil PNS daerah yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan pemda. Sedangkan untuk penataan struktur organisasi perangkat daerah, penghitungannya dilakukan bersama Mendagri. Selain itu dalam masa moratorium, kepala daerah harus melakukan redistribusi (penyaluran ke satuan organisasi yang membutuhkan) pegawai sesuai kompetensi di instansi masingmasing berdasarkan hasil penataan, terangnya. Ditambahkan Tasdik, apabila redistribusi telah dilakukan dan ternyata ada PNS yang tidak dapat disalurkan, pegawai tersebut dapat ditawarkan program pensiun sukarela sepanjang memenuhi persyaratan perundangundangan. (esy/jpnn)

Dokumen/Equator

Tasdik: Atur PNS Tak Perlu Undang-undang Baru JAKARTA - Sekretaris Kementerian PAN dan RB Tasdik Kinanto, mengatakan untuk mengatur pegawai negeri DPR RI tidak harus membuat undang-undang baru. UU Pokok-pokok Kepegawaian yang selama ini jadi acuan masih layak pakai. Sebenarnya UU Pokok-pokok Kepegawaian sudah men-

cakup semuanya. Apalagi isi RUU ASN hampir sama dengan UU kepegawaian sebelumnya. Menurut hemat saya UU yang ada sekarang cukup direvisi saja dan bukan membuat UU baru, tutur Tasdik yang dihubungi, Jumat (23/9). Dia memahami hasrat legislator Senayan yang ingin mengubah image PNS. Namun, untuk men-

PEMASANGAN IKLAN HUBUNGI : • • • • • • •

Deny Jaiz Hadi Solihin Uray Yuzo Kantor

: : : : : : :

0811570832 0561-7911322 081345645582 085345038038 0561 - 7092490 0561 - 7557007 0561 - 721229

ciptakan pegawai negeri yang bermental profesional, tidak harus ada payung hukum baru. RUU ASN mengatur tentang proses rekrutmen, pembinaan pegawai, netralitas pegawai, dan lain-lain. Nah itu semua ada di UU Pokok-pokok Kepegawaian, ujarnya. Menurut Tasdik, langkah tepat yang diambil adalah

mempertegas pelaksanaan UU di tingkat pusat hingga daerah. Sebab, akar permasalahannya ada di lemahnya pengawasan para pemangku jabatan. Yang repot kan karena pejabat pembina kepegawaiannya selalu ikut campur dalam urusan kepegawaian. Jadi bagaimana bisa aturan UU itu ditegakkan, katanya.

Hal lain yang akan memberatkan negara adalah di dalam RUU ASN ada pembentukan lembaga baru (Komisi Aparatur Sipil Negara) yang bertugas merumuskan peraturan mengenai pelaksanaan standar, norma, prosedur, dan kebijakan mengenai ASN. Kan belum bisa dijamin dengan adanya KASN, bisa menyelesaikan

masalah kepegawaian. Belum tentu juga kan seluruh pegawai kita akan netral, ujarnya. Ditambahkannya, pemerintah saat ini belum ada DIM (daftar inventarisir masalah) untuk RUU ASN. Dia berharap, tidak akan ada UU baru dan hanya revisi saja. Sebelumnya Wakil Ketua Komisi II DPR RI Taufik Effendi

JUAL RUMAH

JUAL RUMAH

PEMANGKAT

JUAL RUMAH

Komplek Warga Sejahtera Jl. Komyos Sudarso Fas : PDAM, Telp, Listrik Hub : 085345038038

Jl Gajah Mada 30 Gg Dungun No 28, fas: PLN, PAM, telp, 3KT, 1KM, tp strategis, hrg nego. Hub : 762813

Berlangganan Harian Equator di Pmngkt Hub : AGUS 081256032440

SAMBAS

Komp. Mitra Indah Utama 6 C.61 Type 48,PLN,Sumur Bor,SHM,Serdam Hub : 081257989839

Perumnas II, Gg, Goa 4 no 75, 2 tingka t(4 kmr + AC (1 di kmr). Telp, listrik (meteran), PDAM + Bak air besar di bawah tanah Harga nego (tanpa perantara) hub, 08125726674/081345979784.

Ingin berlangganan Harian Equator di Sbs. Hub : 085245698977

SINGKAWANG

SINTANG

Ingin berlangganan Harian Equator di SKW Hub: 081256056477

Ingin berlangganan & pengecer Harian Equator di Sintang. Hub : HP. 081345184340/08115705595

BENGKAYANG

SANGGAU

Ingin berlangganan Harian Equator di BKY Hub : 085288031117

Ingin berlangganan Harian Equator di Sanggau Hub : 0564-21525

MELAWI Ingin berlangganan Harian Equator di MELAWI Hub : 0568-22069

EKO SERVICE

SEDOT WC HUB TELP.

744880

Fasilitas Selang baru tanpa bau, pengalaman 25 th di bidang WC. Juga menerima servis AC (rumah & kantor) DISCOUNT 60% GARANSI

JUAL TANAH Jl. Parit Wak Lijah (sdh aspal) Nipah Kuning, SHM No315. Luas 6400m2 (20mx320m). Harga Rp 650 jt (Nego). Hub: 081522646767

BANTUAN MODAL Hibah Bantuan modal Usaha Hub : 082154360123

mengatakan, perlu ada lembaga yang mandiri dan bebas dari intervensi politik untuk merumuskan peraturan mengenai aparatur sipil negara. Kalau tidak ada lembaga baru (KASN), sistem kepegawaian kita akan tetap seperti sekarang, sarat KKN dan mudah diintervensi untuk kepentingan politik, terangnya. (esy/jpnn)

FRESH RESTO Telah Hadir Hidangan Prasmanan Senin, 19 September 2011 SeninJumat Pukul 09.00-14.00 Sajian Fresh yang Menggugah Selera, Kunjungi dan Dapatkan Disc 20% (19 Sept 2011 s/d 19 Oktober 2011) Fresh Resto 100% Halal.

IKLAN BARIS 2 Baris Rp. 100.000 - 3 Baris Rp. 150.000

LOWONGAN Dibutuhkan 1 org wanita, SMA/D3, bisa komputer, ditempatkan di Ngabang. SALES, min SMA/SMK, ditempatkan di Ngabang. Hub: 081352515590.


7

sambungan

SKT Ganda Rambah Masyarakat Sebalo BENGKAYANG. Seiring hasil pemekaran Kabupaten Sambas menjadi dua kabupaten dan lahirlah Kabupaten Bengkayang membuat tingkat urbanisasi meningkat. Terbatasnya lahan membuat praktek percaloan dalam hal jual beli tanah menjamur. Dampaknya, banyak terjadi sertifikat ganda. Mayoritas permasalahan yang menjadi selisih masyarakat Kelurahan Sebalo ialah masalah tanah. Ada yang mengaku-ngaku pemilik tetapi tidak ada SPT atau sertifikat, adapula ada sertifikat tetapi bertimpa-

timpa, kata Ambeng, Lurah Sebalo, Kecamatan Bengakyang, ditemui diruang kerjanya di Jalan Sanggau Ledo, Kamis (22/9). Ambeng menjelaskan, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, ia memanggil kedua belah pihak. Apabila tidak dapat diselesaikan ditingkat kelurahan, ia menaikkan ke tingkat yang lebih tinggi yakni di Kecamatan Bengkayang. Ia menyebutkan, permasalahan sertifikat yang bertimpa mengenai areal tanah antar warga yang satu dengan lainnya

satu tempat, tetapi sertifikatnya berbeda. Inilah warisan-warisan terdahulu kepada dirinya yang menggantikan posisi mereka. Karena itu, ia bersama jajarannya bekerja ekstra untuk menyelesaikan permasalahan ini. Hal ini dilakukan karena amanah yang diemban dipundaknya. Pahit-manis harus ditanggunjg demi bangsa dan negara. Ya n t o , w a r g a Ke l u r a h a n Bumi Emas Kecamatan Bengkayang menuturkan, selama Bengkayang menjadi kabupaten harga tanah yang dulunya murah kini mengalahkan

harga emas. Saat Bengkayang masih menjadi kecamatan, ada yang 1 meter persegi hanya seribu rupiah, kini sudah mencapai 100 ribu rupiah per meter persegi. Orang banyak butuh tanah, tetapi lahan yang tersedia terbatas ini lah menjadi faktor utama harga tanah mahal. Ditambah saat ini diindikasikan ada percaloan dalam hal jual beli tanah yang membuat harga tanah semakin menjulang tinggi, terang Yanto ditemui di Jalan Jerendeng AR Bengkayang, kemarin. (cah)

Gejolak Ekonomi Dunia Memengaruhi Indonesia JAKARTA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY ) mengatakan perkembangan situasi perekonomian global berdampak langsung pada perekonomian Indonesia. Beberapa asumsi moneter diperkirakan terpengaruh bahkan disebut berada dalam situasi yang tidak

wajar. Penguatan ekonomi dalam negeri ini menjadi tema utama dalam rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden SBY, Jumat (23/9). Hadir Wapres Boediono, Gubernur BI dan jajaran Kementrian Ekonomi. SBY mengatakan kondisi yang

sama pernah terjadi sekitar tiga tahun lalu, namun berhasil diantisipasi. Saat ini berbeda dibanding tiga tahun lalu. Dulu situasi karena Bank-Bank tertentu. Saat ini yang bermasalah adalah negara. Beberapa negara di AS sendiri ekonomi juga ada im-

plikasi politiknya, kata SBY. Karena itu SBY menginstruksikan seluruh jajarannya untuk mendalami krisis perekonomian global kali ini. Karena bisa saja berdampak lebih besar dari tiga tahun lalu. SBY pun optimis bila kompak maka ancaman krisis bisa dilalui dengan mulus.(afz/jpnn)

Temajuk-Teluk ............................................................................................................. dari halaman 1 Biawak, Malaysia Timur yang dibangun di masa kepemimpinan H Burhanuddin. Jalan strategis nasional ini sudah masuk dalam Surat Keputusan (SK) Menteri PU RI SK Nomor 567/kpts/M/2010 tanggal 10 November 2010 tentang penetapan Jalan Strategis Nasional mulai dari Temajuk hingga Mensere-Segarau. Menurut Juliarti, Kabupaten Sambas juga akan mendapatkan pembangunan lima buah jembatan yang dibiayai APBN. Tak lama lagi akan dilakukan Feasibility Study diantaranya

Jembatan Sejangkung, Jembatan Sebawi, Jembatan Tebas, Jembatan Pemangkat dan Jembatan Sabuk Sambas tahun 2013, kata dia. Selain itu, tahun ini akan mendapat bantuan lima buah mobil internet, dan tahun berikutnya kembali akan dibantu kapal internet untuk mendukung akses informasi masyarakat. Menurutnya, semua bantuan pusat yang masuk ke Kabupaten Sambas merupakan peran serta masyarakat yang dengan sukarela memberikan lahannya

Seluruh Gereja Mei lalu kami datang langsung menghadap guna mempertanyakan kapan sertifikat Gereja yang ada di Ketapang dan Kayong Utara dapat dibuat. Janji mereka akan segera diproses, ternyata sampai sekarang hanya minyak angin,

Adab Haji

untuk pembangunan tanpa harus ganti rugi. Sehingga peran masyarakat ini menjadi pusat perhatian nasional. Peran masyarakat seperti ini merupakan salah satu modal percepatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sambas, ungkapnya. Selain itu, tegas Juliarti, Pemkab Sambas juga akan membuka jalan mulai dari Jembatan Bantanan hingga Temajuk yang berbatasan dengan Teluk Melano Malaysia. Serta melakukan pelebaran jalan dari Mensere Kecamatan

Jawai sampai Tanah Hitam, Kecamatan Paloh, termasuk usulan pembangunan Jembatan Mensere-Segarau. Deng an kesadaran masyarakat memberikan lahannya tanpa ganti rugi sangat membantu program percepatan pembangunan daerah. Atas nama Pemkab Sambas, saya mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan dukungan masyarakat dapat lebih maju dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, pendidikan dan kesehatan, pungkasnya. (edo)

........................................................................................................... dari halaman 1

sesal Mijino. Legislator asal Ketapang ini mengingatkan, permasalahan sertifikat gereja yang ada di Ketapang dan Kayong Utara ini merupakan permasalahan lama yang sama sekali tidak pernah digubris BPN Ketapang

maupun BPN yang ada di Kota Pontianak, meski ia sudah menghadap kepala bagian BPN pada Mei lalu. Mei lalu, kami diterima Kepala bagian BPN dan sudah kami terangkan bahwa seluruh pastor yang ada di

sana meminta BPN untuk membuat sertifikat seluruh gereja yang ada di Ketapang dan Kayong Utara karena se jak didirikannya gere ja tersebut, sama sekali BPN tidak memproses hal ini, pungkas Mijino. (jul)

................................................................................................................................ dari halaman 1

Adapun adab tersebut, diantaranya adalah : 1. Ikhlas karena Allah swt semata dan diiringi dengan niat yang baik, meluruskan/ memurnikan niat hanya untuk mendekatkan diri, menggapai rida Allah semata. 2. Bertobat nasuha sebelum berangkat, mengingat pula bahwa yang bersangkutan tidak tahu apakah dia bisa pulang atau bahkan berpulang.

Bertobat dari segala perbuatan dosa dan maksiat diiringi dengan berhenti/meninggalkan semua perbuatan dosa dan maksiat, menyesali perbuatannya dan bertekad kuat tidak mengulanginya kembali. Jika berkaitan dengan perbuatan zalim terhadap sesama manusia, segeralah mengembalikannya, atau meminta maaf sekaligus halal darinya yang bersangkutan.

3. Memilih waktu yang tepat yang memang sudah dipersiapkan sebelumnya agar bisa berpasrah diri sepenuhnya kepada Allah swt. Atau beristiharah meminta ketetapan hati/pilihan waktu; 4. Mempelajari segala hukum, tata cara haji/umrah, safar, baik melalui buku, bimbingan, kaset/CD/VCD/DVD dan sebagainya, agar ibadah dapat dilakukan sesuai syariat;

5. Menggunakan harta yang halal, karena Allah itu Mahabaik dan tidak menerima kecuali hal-hal yang baik pula; 6. Menyiapkan bekal yang cukup lagi halal, baik untuk selama dalam perjalanan, maupun untuk keluarga yang ditinggalkan; 7. Menghafal / membaca doa-doa, seperti doa ketika keluar rumah, dan do a ketika safar dsbnya. (bersambung)

Big Promo

IDACHI STORE STORE 60 Disc

PROFESIONAL HEALTH CARE PRODUCTS Jl. Tanjungpura Mall Ramayana Lt. 2 No. 3 Telp. 0561-7506345 Pontianak Sit Up Band Hanya 1.950 / 998 Ribu

FS 728-6 (6 Fungsi) Treadmil Manual Hanya 7.350 / 3.838 Ribu

Fs Shaper

Niuba

Body Slender Hanya 1.450 / 578 Ribu

Hanya 685 / 358 Ribu

FS 523-C Treadmil Magnetic

New Europa Pan Hanya 800/ 338 Ribu

Pillow Health Care

Selama Persediaan MASIH ADA Tgl 21 Sept S/d 27 Sep 2011

Air Climber Hanya 1.280 / 1.038 Ribu

FS 1339 Treadmil Motorized Hanya 9.850 / 5.268 Ribu

FS 664

New Orbitrack Hanya 5.950 / 3.158 Ribu

(New)

Cocok Untuk Melayani Pesan Antar

: Fitness Centre, Hotel, Apartemen Dan Lain-lain Buruan Hanya 1 Minggu, Stock Terbatas !!! : Grosir dan Eceran : Dalam dan Luar Kota (Khusus Luar Kota Tambah Ongkos Kirim)

SMS 087883556888

Pengiriman TKI ........................................................ dari halaman 1 Linda menjelaskan, berdasarkan data dari International Organization for Migration (IOM) tercatat pada periode tahun 2005-2010, sejumlah 3.840 orang korban perdagangan orang telah dipulangkan. Sebagian besar adalah perempuan yakni 90,36 persen. Diantara jumlah korban tersebut 23,57 persennya adalah anak-anak di bawah umur. Mereka yang dipulangkan umumnya dari Malaysia sebanyak 92,40 persen dan mereka sebagian besar berasal dari Jawa Barat sebanyak 882 korban. Saya sangat memahani hal ini dan saya yakin Gubernur Jawa Barat menaruh perhatian pada hal ini, ucap Linda. Terkait upaya pemerintah dalam penanganan permasalahan tersebut, Linda menyatakan bahwa pemerintah telah bertekad untuk memerangi tindak pidana perdagangan orang dan eksploitasi seksual anak. Salah satu langkah penting adalah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Saya berharap semua elemen yang tergabung dalam Gugus Tugas untuk dapat menin-

daklanjuti berbagai peraturan perundang-undangan tersebut, antara lain dengan menerbitkan Peraturan Daerah, Surat Keputusan Kepala Daerah, Pedoman Pelaksanaan, Petunjuk Teknis, sebagai landasan untuk implementasi program di daerah yang didukung oleh anggaran yang memadai tentunya, harap istri dari mantan Ketua Komite Normalisasi PSSI Agum Gumelar ini. Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang juga turut hadir dalam rapat koordinasi nasional tersebut mengakui bahwa permasalahan perdagangan orang di Jawa Barat cukup pelik. Masalah ini memang harus mendapat perhatian khusus, dilihat dari jumlah penduduk yang sangat banyak, Jawa Barat angka perdagangan orangnya memang cukup tinggi. Kami sudah melakukan pencegahan jangka pendek dan jangka panjang. Kami juga berupaya mengubah pandangan korban perdagangan termasuk memperbaiki perekonomian, katanya. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mengakui bahwa modus perdagangan orang melalui pengiriman

TKI masih marak. Karenanya, ia menyambut baik langkah pemerintah melakukan moratorium TKI ke luar negeri. Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sri Danti menyatakan, hingga saat ini telah terbentuk 21 Gugus Tugas Tingkat Provinsi, dan 73 Gugus Tugas Tingkat Kabupaten/Kota. Gugus Tug as Penceg ahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang secara nasional diketuai oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra). Gugus Tugas bertugas melindungi korban dengan memberikan berbagai pelayanan rehabilitasi kesehatan, rehabilitasi sosial, pemulangan dan re-integrasi sosial, baik tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota. Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional sendiri rencananya akan berlangsung hingga Minggu (25/9). Peserta yang hadir di Bandung merupakan instansi terkait bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak termasuk Gugus Tugas provinsi dan kabupaten/kota. (tas/jpnn)

Rawan Infiltrasi ....................................................... dari halaman 1 but juga dapat dipersenjatai serta dilengkapi dengan peralatan pendeteksi untuk kondisi malam dan siang hari. Keberadaan pesawat tanpa awak selain digunakan untuk memperkuat pertahanan NKRI di gatra udara juga bisa berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi berbagai kegiatan ilegal dalam patroli perbatasan, baik laut maupun udara. Selain itu juga bisa berfungsi untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan yang marak terjadi di wilayah Kalimantan dan pulau lainnya, katanya. (oen)

tidak langsung melakukan pemantauan keamanan udara, laut, dan darat. Selain itu, tiga pesawat tanpa awak akan memperkuat pertahanan Kalimantan dan segera ditempatkan di Pangkalan TNI AU Lanud Supadio pada akhir 2011 ini. Pesawat tanpa awak di Pangkalan Udara Supadio Pontianak diarahkan untuk memperkuat kemampuan pemantauan termasuk daerah perbatasan di Kalimantan Barat, tuturnya. Saat ini proses pembangunan hanggar untuk empat pesawat tersebut sudah delapan

puluh persen dikerjakan dan ditargetkan dalam waktu dekat pengerjaannya sudah selesai. Karena pengadaan pesawat tanpa awak ini dilakukan oleh Kementerian Pertahanan, kita belum tahu pasti kapan pesawat itu bisa ditempatkan di Lanud Supadio. Namun, kita harapkan akhir 2011 pesawat tersebut sudah ada di Lanud Supadio, tuturnya. Pesawat tanpa awak mempunyai fungsi yang sangat strategis untuk mempertahankan kedaulatan NKRI karena dapat dikendalikan dari jarak jauh. Selain itu, pesawat terse-

BPMD Jamin

.................................................................. dari halaman 1

Perda Penanaman Modal itu juga disambut baik Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalbar. Bagus sekali, ke depannya dengan adanya perda tersebut para penanam modal di bidang pertambangan akan menyesuaikan dengan aturan di dalamnya, kata Kepala Distamben Kalbar, Agus Aman Sudibyo. Selain itu, dia menambahkan, masalah pengambilalihan pengelolaan izin tambang oleh perusahaan lain padahal dalam perjanjian merupakan kewajiban perusahaan lain, adalah sebagai masalah internal kedua perusahaan. Bagi kami di dinas itu tidak masalah, itu internal mereka. Yang penting badan hukum-

nya tetap sama meski beda pemilik asalkan pengerjaan proyek tetap berjalan, ucap Agus Aman. Mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalbar itu menegaskan, meskipun terjadi pengalihan pengelolaan izin pertambangan, hal itu harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Artinya pengalihan pengelolaan izin yang dilakukan tersebut secara legal melalui perubahan akte notaris. Terpisah, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kalbar, Sy Izhar Asyyuri mengatakan, memang sudah saatnya Kalbar memiliki payung hukum yang ramah terhadap para investor. Apalagi perda yang dilahirkan itu memiliki konseptual yang me-

wakili kondisi rill masyarakat di provinsi ini. Legislator PAN ini menegaskan, adanya perda tersebut tidak hanya memberikan kepastian atau perlindungan hukum bagi penanam modal. Lebih dari itu juga memberikan kemudahan bagi investor untuk menanamkan modalnya. Ini juga sebagai wujud kita bersama untuk menciptakan iklim investasi yang sehat. Sehingga dapat menyejahterakan masyarakat. Jaminan investasi bagi penanam modal semakin jelas. Perda ini diharapkan dapat mengundang investor sebanyak-banyaknya untuk secara sungguh-sungguh berinvestasi di Kalbar, tuntas Izhar. (jul)

Tiga Pesawat ................................................................ dari halaman 1 Kelompok Terbang (Kloter) pertama berangkat dari bandara Pontianak ke Batam dibagi menjadi tiga. Setiap keberangkatan pesawat diisi sebanyak 150

orang. Keberangkatan pertama pada pukul 07. 00, keberangkatan ke dua pukul 10. 00, dan keberangkatan ke 3 pukul 02. 00.

Begitu juga pada kloterkloter berikutnya. Waktu keberangkatan dari Pontianak ke Batam di bagi menjadi 3 waktu, pungkasnya. (ira)

Bocor Rp 156 M ....................................................... dari halaman 1

Hanya 5.850 / 2.768 Ribu

Hanya 1.750 / 1.058 Ribu

Hanya 695 / 268 Ribu

Hanya 2.950 / 1.138 Ribu

Akupuntur

S/d

Sabtu, 24 September 2011

Barang Import Harga lokal

masing. Indikasi kerugian yang disebabkan oleh pegawai negeri (bendahara) akan menjadi ranahnya BPK. Dijelaskan dia, kalau dilakukan pegawai negeri bukan bendahara, maka ditindaklanjuti Majelis Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPT-GR) untuk meneliti dan menetapkan. BPK sebagai lembaga negara yang bertugas mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan. Karena itu, Sigit meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk melaksanakan semua rekomendasi yang telah disampaikan BPK dalam setiap LHP. Status tindak lanjut akan disampaikan tiap semester setelah sebelumnya melalui proses pembahasan. Untuk temuan pemeriksaan manajemen aset, saat ini sedang dalam proses penyusunan Konsep Hasil Pemeriksaan (KHP) oleh tim BPK, jelas Sigit. Penyelesaian kerugian negara dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 17

KEHILANGAN STNK Mobil Daihatsu, KB 8116 CC, NK: 8349318, NS: 016301, a.n TJHIN KET BUN. STNK tersebut dinyatakan tidak berlaku lagi.

tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, serta Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan. BPK sesuai dengan pasal 10 ayat 1, ayat 3 dan pasal 11 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 mempunyai kewenangan untuk menetapkan Peraturan BPK Nomor 3 Tahun 2007 tentang Tata Cara Penyelesaian Ganti Kerugian Negara Terhadap Bendahara. BPK bertugas menilai dan/ atau menetapkan jumlah kerugian negara yang diakibatkan oleh perbuatan melawan hukum baik sengaja maupun lalai yang dilakukan oleh bendahara, pengelola BUMN/BUMD, dan lembaga atau badan lain yang menyelenggarakan pengelolaan keuangan negara. Dalam penyelesaian ganti kerugian, BPK juga melakukan pemantauan atas penyelesaian ganti kerugian negara yang ditetapkan pemerintah terhadap pegawai negeri bukan bendahara dan pejabat lain, papar Sigit. Terpisah, Tony Kurniadi, Ketua Pansus DPRD Kalbar pembahas laporan hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Pemprov Kalbar Tahun

Anggaran 2010, meminta Pemprov terus menindaklanjuti rekomendasi yang belum selesai sesuai waktu yang sudah ditetapkan, yakni 60 hari setelah LHP diterima dari BPK. Menurut dia, laporan tersebut ncermin jika sebagian atau seluruh rekomendasi itu tidak dapat dilaksanakan dalam jangka waktu itu, pejabat yang bersangkutan harus memberikan alasan yang sah. Karena, tanpa alasan yang sah, BPK dapat melaporkan kepada instansi yang berwenang, ujar Tony seraya kembali meminta Gubernur Kalbar, Cornelis untuk melarang SKPD agar tak ada lagi rekening liar. Legislator PAN ini menegaskan, kerugian negara dapat dilakukan dengan sengaja ataupun karena kelalaian. Karena itu, siapapun yang mengakibatkan adanya kerugian negara dalam melaksanakan tugas pemerintahan diharuskan untuk mengganti kerugian tersebut setelah terbukti dengan sah baik sengaja maupun tidak sengaja mengakibatkan kerugian negara. Seperti diketahui, Rp 156 miliar lebih dan $ 11.709.282,89 temuan BPK itu masuk dalam 178 kasus. BPK melaporkan hasil temuan mengenai kerugian daerah provinsi Kalbar sesuai LHP No 11/HP/XIX.PNK /02/2011 tanggal 25 Februari 2011. (jul)


L GA

8

SABTU, 24 SEPTEMBER 2011

Xabi Alonso

A-G-E-N-D-A

Ayo Bangkit

JADWAL TELEVISI TV ONE Sevilla vs Valencia (Sabtu, 24 Sep.; Pkl. 23.00 WIB) Real Madrid vs Rayo Vallecano (Minggu, 25 Sep.; Pkl. 01.00 WIB) Barcelona vs Atletico (Minggu, 25 Sep.; Pkl. 03.00 WIB) Granada vs Osasuna (Minggu, 25 Sep.; Pkl. 23.00 WIB) Gijon vs Racing (Senin, 26 Sep.; Pkl. 01.00 WIB) Zaragoza vs Malaga (Senin, 26 Sep.; Pkl. 03.00 WIB) Getafe vs Betis (Selasa, 27 Sep.; Pkl. 02.00 WIB)

Untuk periode saat ini Real Madrid memang dalam kondisi sulit, hal itu diyakini betul oleh jangkar mereka, Xabi Alonso, namun ia sama percayanya bahwa titik balik akan segera ditemukan kembali. Dua hasil terakhir yang mereka dapatkan hanya berbuah 1 poin di La Liga. Levante berhasil mengalahkan mereka, sementara Racing Santander menahan Los Blancos tanpa gol. Kami tidak dalam bentuk terbaik saat ini, tapi kami punya waktu untuk mengubahnya. Kami adalah sekelompok pemain yang bersatu, dan harus berjalan ke arah yang sama, ucap Alonso seperti dikutip dari situs resmi klubnya. Pertandingan kami melawan Racing dan Levante berbeda, namun keduanya lawan melakukan perlawanan dengan baik sementara kami tidak. Kami menemukan kesulitan untuk menciptakan peluang untuk mencetak gol. Sepak bola bukanlah ilmu pengetahuan. Kadangkadang Anda lebih bugar daripada yang lain. Kami tidak boleh sampai hilang kepercayaan. Ini ibarat perlombaan lari jarak jauh dan masih banyak partai yang harus dimainkan. Alonso kemudian memandang ke depan untuk pertandingan kandang akhir pekan ini melawan Rayo Vallecano dan menekankan bahwa Madrid tidak boleh sampai kehilangan poin lagi. Hal pertama yang harus kami lakukan adalah menang pada Sabtu ini. Rayo adalah lawan tangguh dan kami tidak boleh lagi menciptakan lebih banyak kesalahan. (rmc/lex)

MNC TV Chelsea vs Swansea (Sabtu, 24 Sep.; Pkl. 21.00 WIB) Stoke vs Man. United (Sabtu, 24 Sep.; Pkl. 23.30 WIB) Norwich vs Sunderland (Selasa, 27 Sep.; Pkl. 02.00 WIB) GLOBAL TV Man. City vs Everton (Sabtu, 24 Sep.; Pkl. 18.30 WIB) Liverpool vs Wolverhamtpon (Sabtu, 24 Sep.; Pkl. 21.00 WIB) INDOSIAR Bologna vs Inter (Sabtu, 24 Sep.; Pkl. 23.00 WIB) AC Milan vs Cesena (Minggu, 25 Sep.; Pkl. 01.45 WIB )

Siap Menjegal LIGA PREMIER

Romelu Lukaku

Stoke City V Man United

Sabar Menunggu Romelu Lukaku menyadari statusnya sebagai pemain anyar di Chelsea. Striker muda asal Belgia tersebut mengaku sabar menanti saat dirinya layak bermain sebagai starter. Terhitung sejak bergabung dengan Chelsea, pada Agustus lalu, Lukaku baru mengawali debutnya sebagai starter pada laga Carling Cup melawan Fulham, Kamis dini hari WIB, 22 September 2011. Mantan punggawa Anderlecht ini turut mengantarkan kemenangan 4-3 The Blues di Stamford Bridge, melalui drama adu penalti. Sedangkan penampilan perdana Lukaku bersama tim besutan Andre Villas-Boas tersebut adalah saat mengalahkan Norwich City 3-1 di ajang Premier League pada 27 Agustus lalu. Striker 18 tahun ini masuk di menit 83 menggantikan Fernando Torres. Lukaku sangat memahami dirinya harus berjuang mendapatkan tempat reguler di skuad utama. Bukan hanya karena statusnya sebagai pemain baru, namun usianya juga terbilang masih sangat muda. Terlebih sang kapten tim, John Terry, selalu memberinya dukungan. Dia [Terry] katakan, saya harus terus maju karena tim membutuhkan saya, ujar Lukaku seperti dilansir Football365, Jumat 23 September 2011. Saya menyadari, saya harus menderita jika ingin mendapatkan banyak hal. Saya harus melewati rasa sakit lebih dulu. (viv)

Menjamu sang pemuncak klasemen sementara, di Stadion Britania, Sabtu (24/9), Stoke City siap menjegal laju Manchester United meraih hasil sempurna seperti di lima laga yang telah dilakoni Wayne Rooney dan kolega. Hasil sempurna dalam lima pekan melesatkan Manchester United kedaftar teratas klasemen maupun bursa calon juara. Bahkan Chelsea, salah satu dari kemungkinan dua pesaing terberat yang tersisa, tak mampu menahan laju kencang skuad Alex Ferguson. Di sisi lain, start Stoke terbilang lumayan. Mereka mampu menahan imbang Chelsea dan mengalahkan Liverpool. Catatan mereka adalah dua kali menang, dua kali imbang, dan satu kali kalah. Kekalahan pertama mereka diderita dari Sunderland akhir pekan lalu, di mana mereka dilumat 0-4. Kapten Stoke, Ryan Shawcross, mengaku bahwa kekalahan dari Sunderland adalah sengatan yang membuat mereka bangun dan menghadapi kenyataan lagi. Beratnya, kenyataan kini mempertemukan

mereka kepada The Red Devils. Pesimistiskah Shawcross memimpin rekan-rekannya menghadapi bekas klubnya itu? Tidak. Akan sangat berat menghadapi Manchester United karena mereka adalah klub papan atas, tapi semua tim bisa dikalahkan. Saya juga tahu bahwa kami punya fans di belakang kami dan kami bisa bermain sesuai kemampuan yang kami bisa, maka kami punya kesempatan, ujarnya di situs resmi klub. Hanya saja, Stoke diperkirakan tak akan tampil dengan diperkuat oleh Kenwyne Jones di lini depan. Di kubu MU, cederanya Javier Hernandez diperkirakan tak akan menjadi masalah karena Danny Welbeck disebut sudah ďŹ t lagi. Sementara itu, Rio Ferdinand kemungkinan besar akan kembali ke jantung pertahanan United kala mereka berduel dengan Stoke City di lanjutan Liga Inggris, Sabtu (24/9) waktu setempat. Dari lima laga yang telah dijalani Setan Merah di ajang Liga Inggris, Ferdinand me-

Barcelona V Atletico Madrid

Duel Seru

Hernandez, mengakui bahwa kehadiran Cesc Fabregas telah membuatnya bermain lebih baik awal musim ini. Kami sangat nyaman bermain bersama di lapangan. Saya pikir kami saling melengkapi dan samasama bermain dengan baik, kata Xavi seperti dilansir AS. Bila dia naik ke depan, saya tetap di belakang untuk menutup ruang yang ditinggalkan. Kami telah menunjukkan hal itu beberapa kali dan menurut saya Cesc telah mengubah sepak bola saya, Fabregas sendiri baru saja mencatat rekor sebagai pemain Barcelona berposisi gelandang dan melakoni debutnya di La

HEAD 2 HEAD : 08 Mei 2011 (EPL) Manchester United 2 - 1 Stoke City 12 Apr 2011 (EPL) Stoke City 1 - 2 Manchester United 06 Apr 2011 (EPL) Manchester United 4 - 0 Stoke City 27 Sep 2009 (EPL) Stoke City 0 - 2 Manchester United 26 Des 2008 (EPL) Stoke City 0 - 1 Manchester United

Stoke City (4-4-2): Begovic, Huth, Shawcross, Woodgate, Wilson, Delap, Palacios, Walters, Etherington, Crouch, K.Jones. Cadangan: Sorensen, Upson, Wilkinson, Whelan, Pennant, Whitehead, Jerome. Manchester United (4-4-2): De Gea, Evra, Ferdinand, Smalling, Jones, A.Young, Anderson, Carrick, Nani, Owen, Rooney. Cadangan: Kuszczak, Evans, Fabio, Giggs, Park J.S, Valencia, Berbatov.

Liga yang selalu mencetak gol dalam empat laga awal musim. Sementara Atletico berada di posisi ke-8 dengan tujuh angka, hasil dua kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Sang tamu Atletico Madrid kemungkinan tidak akan diperkuat Diego Ribas. Diego kemungkinan absen melawan Barcelona karena ia belum bisa dikategorikan fit oleh Gregorio Manzano. Diego dianggap kurang fit karena ia telah lama tidak bermain semenjak statusnya dibekukan oleh Wolfsburg. Bukti tidak fitnya Diego itu adalah tidak diizinkannya gelandang serang asal Brasil itu berlatih penuh padasesi latihan terakhir yang digelar Manzano pada Kamis (22/9) waktu setempat. Diego Ribas, yang absen di pertandingan sebelumnya, kembali bergabung bersama rekanrekannya untuk memulai latihan fisiknya. Setelah itu, ia tetap berlatih secara khusus dengan Oscar Pitillas untuk memulihkan kondisi ďŹ siknya dan permainannya, tulis pernyataan resmi di situs milik Atletico. Sejauh ini, Diego baru tampil dua kali membela Atletico di La Liga, dan itu hanya sebagai pemain pengganti. Ia sebenarnya juga sempat bermain saat Atleti menumbangkan Celtic 2-0 di Liga Europa pekan lalu. Namun lagi-lagi ia hanya dijadikan pemain pengganti kala itu. (int)

Tugas Berat Ranieri Akhirnya Glan Piero Gasperini dipecat Inter. Claudio Ranieri, yang kabarnya dikontrak selama dua tahun sebagai pengganti, punya perkerjaan dan beban yang sangat berat guna mengangkat tim peraih treble winner 2010 itu kembali ke papan atas. Ketika kalah dari Novara, Nerazzurri memang dominan. Tapi, mereka lamban ketika bertahan dan seperti kekurangan darah saat membangun serangan. Bahkan ketika memiliki kesempatan bagus mencetak gol pun papan skor tak juga berubah. Keadaan ini nyaris selalu terlihat sepanjang musim 2011/12. Para pemain seperti bingung menerapkan taktik yang diterapkan Gasperini. Maklum, tiap laga selalu terjadi perubahan. Ditambah lagi, adaptasi pemain baru tidak berjalan secepat yang diharapkan. Diego Forlan dan Mauro Zarate terlihat sering salah memahami pergerakan kawankawannya. Kekalahan membuat moral dan kepercayaan diri Esteban Cambiasso dkk. menurun. Bahkan bek Novara Andrea Lisuzzo menyebut kubu Biru-Hitam tak berkomunikasi dengan baik dan saling tuding ketika terjadi kesalahan. Sekarang adalah waktu yang sulit. Kami memiliki tujuan jelas, tapi sepertinya sulit mempraktikkan berbagai hal dalam latihan ke laga resmi. Fan harus mengerti situasi seperti ini sangat mungkin terjadi. Ada momen buruk dan membanggakan, tapi kami butuh mereka di semua keadaan, kata Javier Zanetti di situs klub. Sang kapten sendiri baru saja memecahkan rekor penampilan sepanjang masa La Beneamata milik Giuseppe Bergomi. Dalam laga

Sabtu (24/9) Bursa Asian Handicap Manchester City 0 : 1 1/4 Everton Arsenal 0 : 1 1/4 Bolton Chelsea 0 : 2 Swansea Liverpool 0 : 1 1/4 Wolverhampton Newcastle 0 : 1/2 Blackburn West Brom 0 : 1/4 Fulham Wigan 1/2 : 0 Tottenham Stoke 1 : 0 Manchester Utd Klasemen sementara 1. Manchester United 2. Manchester City 3. Chelsea 4. Newcastle United 5. Stoke 6. Aston Villa 7. Everton 8. Liverpool 9. Queens Park Rangers 10. Wolverhampton 11. Tottenham Hotspur 12. Sunderland 13. Norwich City 14. Swansea City 15. Wigan Athletic 16. Blackburn Rovers 17. Arsenal 18. Fulham 19. Bolton Wanderers 20. West Brom

Prediksi formasi pemain:

Bologna v Inter Milan

La liga ESPANA

Pertemuan dua tim besar La Liga, Barcelona v Atletico Madrid akan berlangsung ketat dan seru, Sabtu (24/9) di Stadion Camp Nou. Sang tamu Atletico diprediksi akan menyulitkan sang juara bertahan untuk meraih poin sempurna di kandangnya sendiri. Dari empat laga yang dilakoni kedua tim, posisi mereka berada di peringkat empat dan delapan. Namun, perbedaan peringkat itu hanya berselisih satu angka. Los Azulgrana, yang berada di peringkat ke-4, sudah mengoleksi delapan angka, dari dua kali menang, dan dua kali imbang. Gelandang Barcelona, Xavi

mang baru tampil di dua partai. Pasalnya, bek timnas Inggris itu terus mengalami cedera, yaitu cedera betis dan hamstring. Kini, Ferdinand telah kembali berlatih bersama rekanrekan setimnya. Harapan pun membumbung tinggi di benak Sir Alex Ferguson untuk bisa menurunkan Ferdinand di laga kontra Stoke Fergie pun mengaku membutuhkan pemain berpengalaman guna menghadapi tim besutan Tony Pullis tersebut. Seperti dikutip reuters, Kamis (22/9), Fergie mengungkapkan, Saya sangat berharap Rio akan baik-baik saja, dan bisa dimainkan pada Sabtu. Saat kamu bertanding melawan Stoke, kamu membutuhkan sedikit pengalaman untuk bisa mengalahkan mereka. Sepertinya, Fergie berharap bisa menempatkan Ferdinand di jantung pertahanan. Sementara Phil Jones digeser menjadi bek kanan, menggantikan Chris Smailling yang dikabarkan tengah cedera paha dan mesti absen hingga dua minggu ke depan. (int)

PREMIER LEAGUE ENGLAND

5 5 5 5 5 5 4 5 5 5 4 5 5 5 5 5 5 5 5 5

5 4 3 2 2 1 2 2 2 2 2 1 1 1 1 1 1 0 1 1

0 1 1 3 2 4 1 1 1 1 0 2 2 2 2 1 1 3 0 0

0 0 1 0 1 0 1 2 2 2 2 2 2 2 2 3 3 2 4 4

21 - 4 17 - 5 8-6 4-2 3-5 6-4 6-4 6-7 4-6 4-6 7-8 6-4 5-7 3-5 4-7 7 - 10 6 - 14 4-7 8 - 13 3-8

15 13 10 9 8 7 7 7 7 7 6 5 5 5 5 4 4 3 3 3

LA LIGA ESPANA Hasil Jumat (23/9) Espanyol 1 - 0 Getafe Real Betis 4 - 3 Zaragoza Sabtu (24/9) Bursa Asian Handicap Ath. Bilbao 0 : 1/4 Villarreal Sevilla 0 : 1/4 Valencia Minggu (25/9) Bursa Asian Handicap Real Madrid 0 : 2 3/4 Rayo Vallecano Barcelona 0 : 2 Atl. Madrid Mallorca 0 : 1/4 Real Sociedad Levante 0 : 1/4 Espanyol Granada 0 : Âź Osasuna Klasemen Sementara 1. Real Betis 2. Valencia 3. Malaga 4. Barcelona 5. Sevilla 6. Levante 7. Real Madrid 8. Atletico Madrid 9. Real Sociedad 10. Espanyol 11. Rayo Vallecano 12. Osasuna 13. Villarreal 14. Real Zaragoza 15. Mallorca 16. Granada 17. Racing Santander 18. Athletic Bilbao 19. Getafe 20. Sporting Gijon

4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4

4 3 3 2 2 2 2 2 2 2 1 1 1 1 1 1 0 0 0 0

0 1 0 2 2 2 1 1 1 0 2 2 1 1 0 0 2 1 1 0

0 0 1 0 0 0 1 1 1 2 1 1 2 2 3 3 2 3 3 4

9-5 8-5 7-2 17 - 4 5-3 4-2 10 - 3 8-1 5-4 4-4 3-3 2-9 4-8 5 - 11 1-4 1-6 3-8 4-7 3-7 2-9

12 10 9 8 8 8 7 7 7 6 5 5 4 4 3 3 2 1 1 0

SERI A ITALIA Sabtu (24/9) Bursa Asian Handicap Bologna 1/2 : 0 Inter Milan Minggu (25/9) AC Milan 0 : 1 1/4 Cesena Napoli 0 : 3/4 Fiorentina Chievo 0 : 0 Genoa Atalanta 0 : 3/4 Novara Cagliari 0 : 0 Udinese Catania 1/2 : 0 Juventus Lazio 0 : 1/2 Palermo Siena 0 : 1/2 Lecce Parma 1/4 : 0 Roma

kontra Novara, Zanetti mengemas 757 penampilan. Soal moral, salah satu sosok yang terlihat jelas kehilangan kepercayaan diri adalah Diego Milito. Sejak laga pertama liga kontra Palermo, II Principe sangat kesulitan menunjukkan performa terbaiknya. Meski ia mencetak dua gol dilaga itu, layak disebut golnya berbau keberuntungan. Milito membelokkan bola sepakan Dejan Stankovic dan eksekusi penalti. Ada baiknya Ranieri memberi kesempatan Giampaolo Pazzini bermain ketika bertandang ke Renato Dall Ara saat menghadapi Bologna, Sabtu (24/9). Sejauh ini ia baru sekali tampil sebagai starter, yakni ketika menghadapi Trabzonspor di Liga Champion. Tugas lain yang harus diutamakan sang nahkoda anyar tentu mengembalikan stabilitas dan memberikan identitas tim dengan jelas. Biasanya, ketika menggantikan posisi pelatih lain, Ranieri menggunakan sistem yang sudah sangat dikenal oleh mayoritas pemainnya. Di Inter, itu berarti 4-3-1-2. Skema ini memaksimalkan kemampuan Wesley Sneijder sebagai trequartista. (int)

1. Genoa 2. Juventus 3. Udinese 4. Napoli 5. Fiorentina 6. Palermo 7. Cagliari 8. Novara 9. Lazio 10. Chievo 11. Catania 12. Lecce 13. Parma 14. AS Roma 15. Siena 16. AC Milan 17. Atalanta 18. Inter 19. Bologna 20. Cesena

3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3

2 2 2 2 2 2 2 1 1 1 1 1 1 0 0 0 2 0 0 0

1 1 1 0 0 0 0 1 1 1 1 0 0 2 2 2 1 1 1 0

0 0 0 1 1 1 1 1 1 1 1 2 2 1 1 1 0 2 2 3

7-3 6-2 5-1 6-3 5-2 7-6 6-5 6-5 5-5 4-4 1-3 3-4 3-8 2-3 1-2 4-6 5-3 4-7 1-5 2-6

7 7 7 6 6 6 6 4 4 4 4 3 3 2 2 2 1 1 1 0

BUNDESLIGA GERMANY 1. Werder Bremen 2. Bayern Munich 3. Stuttgart 4 Monchengladbach 5. Bayer Leverkusen 6. Nurnberg 7. Hoffenheim 8. Schalke 04 9. Hertha Berlin 10. Hannover 96 11. Borussia Dortmund 12. Cologne 13. Mainz 14. Wolfsburg 15. Kaiserslautern 16. Freiburg 17. Augsburg 18. Hamburg SV

6 5 6 5 6 6 5 5 5 5 5 6 6 5 6 6 5 5

4 4 3 3 3 3 3 3 2 2 2 2 2 2 1 1 0 0

1 0 1 1 1 1 0 0 2 2 1 1 1 0 2 1 2 1

1 12 - 6 1 16 - 1 2 9-4 1 7-3 2 7-7 2 6-6 2 9-4 2 11 - 8 1 6-5 1 6-7 2 6-4 3 11 - 15 3 8 - 13 3 6-9 3 5-9 4 10 - 18 3 4 - 10 4 6 - 16

13 12 10 10 10 10 9 9 8 8 7 7 7 6 5 4 2 1


CUSTOMER SERVICE - Ingin berlangganan - Koran datang siang - Tidak terima koran

Hubungi: Bagian Pemasaran Hp. 081345479786 (Santo) 08125746667 (Abu Bakar) 08125639448 (Mulyadi)

Pencurian

PATR LI

VI dan barang bukti sepeda motor diamankan polisi. M KHUSYAIRI

Numpang Nginap, Ngembat Motor SANGGAU. Air susu di balas air tuba. Pepatah ini pas menggambarkan kelakuan VI, 43, warga asal Sekadau. Diberi tumpangan tidur, malah ngembat sepeda motor Vixion KB 3621 UB dan Handphone (HP) K-Touch milik Darmawan, warga Jalan Cempaka, Ilir Kota, Sanggau, Rabu (7/9) sekitar pukul 05.00. Duda anak satu asal Sekadau ini sempat melarikan diri ke Simpang Dua, Balai Berkuak. Akhir pelariannya selama hampir tiga minggu kandas juga. Setelah petugas unit Buser dan Polsek Toba berhasil menciduknya, Rabu (21/9) kemarin. Informasi yang dihimpun Equator, tersangka mendatangi mess tempat Darmawan menginap. Maksudnya ingin menjadi tukang cetak batako. Lantas, karena sudah malam, ia dipersilakan menginap. Ketika Darmawan bangun salat subuh, sekitar pukul 04.06, dilihatnya sepeda motor sudah raib dan VI sudah tak ada di rumahnya. Sementara kunci motor dan HP dalam jaket juga hilang. Darmawan langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Sanggau. Nahas bagi tersangka, menjelang tiga pekan menghilang, akhirnya ditangkap petugas. Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, ada pria mencurigakan mengendarai motor Vixion warna merah melintas di wilayahnya. Saya sempat mau jual Rp2,5 juta. Tapi tidak ada yang mau membeli. Saya menganggur mau kerja emas di Ketapang. Saya menyesal sekali Bang, ujar VI di Mapolres Sanggau. Kapolres Sanggau, AKBP Winarto melalui Kasat Reskrim, AKP Sudarsono membenarkan kejadian itu. Pihaknya sudah mengamankan tersangka dan barang bukti (BB). Demi kepentingan penyelidikan dan penyidikan. (SrY)

Sabtu, 24 September 2011

Kehabisan Bensin, Pelaku Curanmor Dibekuk PONTIANAK. Kehabisan bensin, AM, 28, pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) diringkus jajaran Polsek Sungai Raya, Kamis (22/9) malam. Pelaku jug a merupakan residivis spesialis pemetik kendaraan bermotor yang pernah keluar masuk penjara. Ka p o l s e k S u n g a i R a y a , S Nanang W SIK MM mengatakan, terungkapnya kasus Curanmor tersebut setelah menerima laporan dari warga Jalan Adi Sucipto, Gang Bumi Raya kehilangan sepeda motor di depan Warnet John Cyber, Sungai Raya. Kemudian jajaran Polsek Sungai Raya melakukan razia di Jalan Ahmad Yani II. Saat razia berlangsung, secara tidak sengaja motor Satria F KB 4909 QU yang dicurigai

sebagai motor curian melintas. Polisi membuntuti AM yang mengendarai sepeda motor tersebut hingga kehabisan bensin. AM tak dapat berbuat banyak. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata motor tersebut merupakan motor curian. Kejadiannya sekitar pukul 20.00. Setelah kami buntuti dan kami sergap, tersangka berhasil kami bekuk sekitar pukul 03.15 dini hari, tegas Nanang. AM dan sepeda motor curian dibawa ke Mapolsek Sungai Raya. Pengakuan dari tersangka baru satu kali melakukan pencurian setelah keluar dari LP. Yang bersangkutan merupakan residivis yang menjalani hukuman 4,9 tahun

lantaran mencuri sedikitnya 10 unit motor, ungkap Nanang. Dilanjutkan Nanang, sebelum melakukan pencurian, AM sudah menerima pesanan dari seseorang untuk membawa motor itu ke arah Bandara Supadio. Ternyata calon pembeli tidak kunjung datang, akhirnya AM dan rekannya yang saat ini dinyatakan sebagai DPO kembali membawa motor hasil curiannya ke arah Pontianak. AM dijerat pasal 362 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. Kami terus melakukan pengembangan terhadap tersangka, siapa tahu di TKP lain juga ada kejahatan pelaku yang berkaitan dengan Curanmor, Curat dan jambret, jelas Nanang. (sul)

AM saat diamankan di Polsek Sungai Raya. SYAMSUL ARIFIN

Tiga Bandar Sabu Diringkus

Bandel Anggota Polisi Dipecat SINGKAWANG. Salah seorang Anggota Seksi Telekomunikasi Informasi Kepolisian (Sitipol) Polres Singkawang, Dwistian Ramadhana Hidayat dipecat atau Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) karena tidak disiplin atau bandel. PTDH-nya berdasarkan Keputusan Kapolda Kalbar Nomor Kep/266/VII/2011 tertanggal 4 Agustus 2011, kata AKBP Prianto SIk, Kapolres Singkawang melalui Kabag Sumber Daya (Sumda) Polres Singkawang, Agus Priyambodo ditemui di ruang kerjanya, kemarin (21/9). Dengan Keputusan Kapolda Kalbar tersebut, berarti Dwistian Ramadhana Hidayat tidak lagi mendapatkan hak-haknya sebagai anggota Polri, seperti gaji dan tunjangan pensiun terhitung 31 Agustus 2011. Sudah dikembalikan ke masyarakat umum, kata Agus. Dwistian Ramadhana Hidayat, pria kelahiran 1985 dan menjadi anggota Polri sejak 2004 itu dipecat karena melanggar pasal berlapis, yakni pasal 11 huruf c Jo pasal 14 ayat (1) huruf a PP 01/2003, Pasal 13 PP 02/2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri dan pasal 3 huruf b Perkab No.Pol 7/2006 tentang Kode Etik Polri. Agus menceritakan, Dwistian Ramadhana Hidayat ini disersi atau tidak masuk dinas lebih dari 30 hari. Dia sudah disidang di Komisi Kode Etik (KKE) Polri sebanyak empat kali, karena melanggar disiplin. Pembinaan sudah dilakukan, tetapi masih saja tidak disiplin, jelasnya. Karena ulahnya yang tidak mau berubah itu, Polres Singkawang pun mengajukan PTDH terhadap Dwistian Ramadhana Hidayat kepada Kapolda Kalbar yang menyetujuinya dengan mengeluarkan surat keputusan PTDH. Berdasarkan SK Kapolda tersebut, Polres Singkawang pun merencanakan pelaksanaan upacara PTDH pada 29 Agustus 2011 tetapi Dwistian Ramadhana Hidayat tidak hadir. Bahkan setelah direncanakan kembali pada 6 dan 7 September 2011, dia tetap tidak hadir. Oleh karenanya, upacara pemecatannya dilakukan bersamaan dengan upacara di Polda Kalbar, itupun Dwistian Ramadhana Hidayat masih enggan hadir. Rencananya minggu depan akan diadakan upacara kembali di Polres Singkawang terkait PTDH Dwistian Ramadhana Hidayat ini, kata Agus. Pemecatan terhadap anggota polisi ini, baru kali pertama terjadi di Polres Singkawang sepanjang tahun ini. (dik)

Pencurian Motor Tak Kembali, Lapor Polisi PONTIANAK. Tak punya uang, Afat, 25 tahun warga Gang Selat Karimata, Kelurahan Siantan Tengah menggadaikan motor Yamaha Vega KB 2953 N Rp1,5 juta kepada Mr, Minggu (9/9). Saya mendatangi Mr, warga Gang Selat Bangka dengan maksud meminjam uang sebesar Rp1,5 juta dengan jaminan motor. Permintaan saya dikabulkan Mr, uang dikasih motor saya ditinggalkan ke rumahnya, ungkap Afat. Selang beberapa hari lanjut Afat, tepatnya (14/9) sekitar jam 11.00, dirinya kembali mendatang rumah Mr. Kedatangan Afat menebus motornya yang digadai beberapa waktu lalu. Sesampainya di rumah Mr, Afat mengembalikan uang. Namun ketika saya tanya kepada Mr, kemana motor saya, Mr berjanji akan mengembalikan nanti jam 15,00 di Gang Selat Bangka. Setelah sampai waktu yang dijanjikan oleh Mr, saya kembali menghubungi Mr lewat telepon selularnya. Ternyata tidak aktif, ungkap Afat.Hingga sekarang motor Afat tidak kembali. Merasa dirugikan, Afat melaporkan Mr ke Mapolsek Timur. (tar)

Imus saat dimintai keterangan di kantor polisi, Indra dan Debi diamankan Restik Polda Kalbar. SYAMSUL ARIFIN

P O N T I A N A K . Polda Kalbar menangkap Imus, 17, warga HM Sabran Perum 2 dan Indra Eka Saputra, 37, warga Jalan Nawawi serta Debi Maulana, 26, warga Mega Timur, bandar sabu, Kamis (22/9) malam. Polisi mengamankan 10 paket sabu, korek api, bong, timbangan elektrik, HP dan uang Rp3,5 juta. Dir Restik Polda Kalbar, AKBP Ahmad Alwi mengatakan, Imus yang pertama kali dibekuk di Jalan HM Sabran. Polisi melakukan pengembangan dan berhasil mem-

bekuk Indra Eka Saputra. Dari Imus, polisi berhasil mengembangkan dan mengetahui sumber barang haram tersebut. Indra diduga sebagai bandar sabu, ungkap Alwi, Jumat (23/9).Ketika pengedar sabu tersebut ditangkap setelah mendapatkan laporan dari masyarakat. Indra diduga sebagai bandar sabu yang telah lama buron. Dia tinggal satu daerah dengan Imus di kawasan Pontianak Barat. Berkat kerjasama dengan masyarakat akhirnya aparat kepolisian berhasil

menggeledah rumah Indra dan berhasil mengamankan barang bukti berupa plastik transparan, bong sebagai alat isap, korek api, timbangan elektrik, handphone untuk transaksi, serta beberapa gram narkotika jenis sabu miliknya. Dikatakan Alwi, beberapa jam kemudian, polisi kembali mendapatkan informasi dari masyarakat tentang peredaran narkoba. Debi Maulana berhasil diringkus di Jalan Kapten Marsayat Kapuas Besar, Pontianak Kota. Dari tangan tersangka ditemukan tujuh paket sabu,

tiga korek api gas, tiga unit HP, timbangan elektrik serta uang Rp3,5 juta, jelas Alwi. Ketiga pengedar sabu tersebut digelandang ke Direktorat Narkoba Polda Kalbar. Dari hasil pemeriksaan, para pemakai narkotika itu mengaku membeli barang haram tersebut dari seorang bandar yang tinggal di daerah Beting. Indra dan Debi merupakan bandar yang telah lama menjadi target operasi. Sementara keterangan Imus hanya disuruh orangtua angkatnya untuk mengambil sabu di rumah

Masih Ada Polisi Sok Berkuasa PONTIANAK. Sikap oknum aparat kepolisian yang arogan akan ditindak tegas. Baik berupa pelanggaran terhadap aturan internal maupun aturan hukum. Sanksi atas pelanggaran bagi anggota Polri, dapat dikenakan hukuman disiplin, tindak pidana atau kode etik. Sesuai tingkat pelanggaran yang dilakukan, kata AKBP Mukson Munandar, Kabid Humas Polda Kalbar, Kamis (22/9). Mukson mengakui, meski reformasi telah diterapkan di tubuh Polri, namun terbentur persoalan cultural, sehingga masih banyak oknum polisi yang sok kuasa. Bersikap arogan yang dapat mencederai rasa keadilan serta melukai hati rakyat. Adanya insiden seperti ini amat memprihatinkan, karena dampaknya membuat masyarakat tak puas atas perilaku polisi selaku pengayom dan pelindung rakyat, ungkapnya. Mukson menegaskan, pimpinan Polri sangat menaruh perhatian besar atas tindakan jajarannya di lapangan. Karena reformasi birokrasi Polri lebih mengedepankan pelayanan terhadap masyarakat. Reformasi birokrasi di tubuh Polri, lebih mengedepankan sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Sedangkan penegakan hukum langkah terakhir yang diambil. Jika di lapangan masih saja ada perlakuan seperti itu, maka a k a n k i t a p e r b a i k i , p a p a r ny a . Mukson menilai, polisi saat ini harus menyadari tugasnya sebagai penegak

hukum. Tidak hanya harus bersikap tegas, tetapi juga mesti bersikap lebih humanis. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri akan terbangun dengan sendirinya. Hal itu menjadi bagian dari agenda reformasi kultural Polri, agar terwujud secara nyata. Aparat yang arogan akan ditindak. Seperti kasus di Sekadau dan Sambas yang baru-baru ini mencuat. Masyarakat tidak perlu khawatir. Semua telah ditangani. Dimana Kapolres juga telah setuju akan melakukan ganti rugi terhadap korban, ungkapnya. Mukson menambahkan, akibat ulah segelintir oknum polisi yang nakal, kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polisi dapat menurun. Hal ini akan bermuara pada citra negatif terhadap polisi yang telah berkinerja baik. Seperti halnya kejadian di Sekadau, seharusnya ditegur secara baik-baik. Tidak perlu bersikap arogan, dengan bertindak secara berlebihan, kesalnya. Ia mengakui, hingga kini agenda reformasi kultural di tubuh Polri belum sepenuhnya memuaskan dan memenuhi harapan rakyat. Namun sesuai arahan pimpinan Polri, agenda reformasi di tubuh Polri akan menjadi program prioritas. Selain meneruskan program pemberantasan berbagai macam kejahatan besar. Reformasi birokrasi Polri dianta-

ranya struktural, instrumental berupa peraturan dan kultural yaitu perubahan sikap dan tingkah laku di lapangan. Dari yang dulu mentalnya dilayani sekarang melayani, jelas Mukson. Menurut dia, reformasi kultural akan menjadi jalan terbangunnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Terbangunnya kepercayaan masyarakat itu juga menjadi kunci utama keberhasilan aspek legitimasi Polri di masyarakat, selain aspek legalitas, jelasnya. Mukson meminta maaf kepada masyarakat atas berbagai kekurangan di tubuh kepolisian selama memberikan pelayanan. Dengan tetap terus berupaya memberikan yang terbaik. Serta semakin intensif memperbaiki, membina, mengontrol dan mengawasi perilaku polisi di lapangan dari berbagai kemungkinan penyimpangan yang merugikan rakyat. (sul)

Indra, tegasnya. Ketiga tersangka terjerat pasal 114, 112 ayat 1 Undang-undang 35/2009 tentang narkotika. Denda minimal Rp800 juta, maksimal Rp8 miliar. Ancaman hukuman minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun penjara. Namun jika barang milik Indra tersebut melebihi dari lima gram, maka dikenai pasal yang sama dengan ayat yang berbeda (ayat 2) dengan ancaman sembilan tahun penjara, tegasnya. (sul)

Sindikat Penjual Motor Kredit PONTIANAK. Usai diproses di Polsek Pontianak Kota, Is, warga Kampung Dalam Beting, tersangka pembuat laporan palsu akan dilimpahkan ke Polsek Pontianak Timur. Is diduga sindikat penjual motor kreditan dari dealer atau leasing. Kemudian berpura-pura melaporkan motor hilang dan kemudian menjual motor kredit tersebut. Sepertinya pelaku ini mengarah ke sindikat penjual motor kreditan. Namun masih kita proses dan kembangkan. Untuk di Pontianak Timur pelaku ini memang ada beberapa Laporan polisinya, dimana dia juga pelaku Curanmor, ujar AKP Adrian Hirtajuda, Kapolsek Pontianak Kota ketika dihubungi via telepon. Adrian menuturkan, setelah dilakukan pemeriksaan, Is memang sudah beberapa kali melakukan perbuatannya ini. Dengan mengambil motor kredit dan menjualnya, lalu berpura-pura melaporkan motor tersebut telah hilang. Beruntung, pihaknya tidak langsung percaya dan sangat jeli dalam mengecek tempat kejadian. Sehingga aksi pelaku yang dapat merugikan pihak leasing ini, bisa diketahui dan dihentikan. Adrian menjelaskan, melihat dari kasus ini tidak menutup kemungkinan, kebanyakan laporan motor hilang khususnya motor kredit tidak semuanya murni benar-benar hilang. Maka pihaknya akan tetap waspada dan mengantisipasi tindak kejahatan dengan modus seperti ini. (sul)


10 

kubu raya

Sabtu, 24 September 2011

Menuju Perubahan

Percepat Pembangunan Transmigrasi

musyawarah kite

Tak Sulit Ngurus Jamkesda SUNGAI RAYA. Kartu kesehatan bagi rakyat miskin berupa Jamkesmas atau Jamkesda, ternyata tidak menggunakan persyaratan dalam mengurusnya. Sebab pengurusan Jamkesda dapat langsung ditangani Kepala Desa setempat, yang mendata para penduduk untuk mendapatkan Jamkesda. Kepala Desa harus mendata warganya yang patut untuk mendapatkan Jamkesda, ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Titus ursiwan kepada sejumlah wartawan, kemain. Ia mengatakan Jamkesmas dan Jamkesda diperuntukkan kepada masyarakat yang tidak mampu. Sebenarnya untuk Jamkesda tidak ada persyaratan khusus. Sebaiknya warga menanyakan kepada kepala desa setempat agar bisa mendapatkan kartu Jamkesda, sedangkan untuk Jamkesmas kami mengambil data dari BPS untuk membuatkan Jamkesmas nantinya, tuturnya.Berdasarkan data yang sudah didapat pihaknya, sebanyak 15.877 jiwa sudah mendapatkan Jamkesda sedangkan sebanyak 220.900 jiwa sudah mendapatkan Jamkesmas. Untuk penambahan sedang dibahas di dewan, jika disetujui kita akan menambah. Masih banyak yang memerlukan Jamkesda di Kubu Raya ini. Mudah-mudahan masyarakat yang benar-benar miskin dapat menerima kartu tersebut dan dapat di gunakan dengan tepat, ucap Titus. Menurut Titus, dari data yang ada di Kubu Raya dari 9 ribu jiwa kemarin, yang sudah teratasi Jamkesda sekitar 15 ribu lebih. Sehingga masih sekitar 20 ribu yang belum menerima Jamkesda. Dinas Kesehatan Kubu Raya juga akan mengajukan tambahan anggaran, hal tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal ke depannya. Data yang diberikan kepala desa juga tergantung dari anggaran yang tersedia, jika anggaran tersebut cukup maka bisa dijalankan namun jika tidak cukup maka akan bisa terlalu banyak. Mudah-mudahan dari anggaran perubahan kita bisa mendapatkan tambahan anggaran. Tahun 2011 ini saja 1,8M dan dalam anggaran perubahan kami meminta Rp 200 juta saja untuk mencukupkan menjadi 2 M, pungkasnya. (oen)

SUNGAI RAYA. Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya Agus Suparwanto mengatakan pihaknya melibatkan beberapa dinas lainnya di kabupaten tersebut untuk mempercepat pembangunan daerah transmigrasi di kabupaten itu. Untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah transmigrasi Pemkab Kubu Raya melibatkan beberapa dinas, terkait seperti Dinas Pendidikan untuk pembangunan sarana pendidikan, Dinas Kesehatan untuk pembangunan Pustu (Pusat Kesehatan Masyarakat Pem-

bantu) guna melayani kesehatan masyarakat transmigrasi, katanya kepada wartawan, kemarin. Belum lama ini Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kubu Raya juga memberikan bantuan pengadaan 2.000 batang kepala hibrida dan 1.000 batang pohon karet kepada masyarakat transmigrasi di Sungai Radak Dua, Kecamatan Terentang. Dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat transmigrasi di sana saat ini sudah melakukan penanaman kelapa dan karet untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sana. Selain itu, pihaknya juga melibat-

kan Dinas Cipta Karya dan Bina Marga untuk peningkatan infrastruktur di kawasan transmigrasi. Bahkan, Dinas Pertanian juga ikut ambil bagian dalam membantu pengembangan kawasan pangan di daerah transmigrasi, seperti pengembangan kawasan pangan di Kecamatan Batu Ampar. Agus Suparwanto menambahkan, dalam percepatan program transmigrasi di kabupaten itu juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat. Kewajiban pemerintah pusat adalah dengan memberikan jatah hidup kepada masyarakat transmigrasi selama

lima tahun, sejak masyarakat transmigrasi ditempatkan di daerah trans. Selebihnya, masyarakat transmigrasi tersebut berada di bawah wewenang pemkab Kubu Raya, tuturnya. Sejauh ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan kementerian lainnya sudah cukup fokus membantu perkembangan daerah transmigrasi melalui berbagai program yang ada. Hal tersebut dapat dilihat pada kawasan Transmigrasi Rasau Jaya yang saat ini sudah semakin berkembang, terlebih dengan dibangunnya Kawasan

Kota Terpadu Mandiri di sana yang diharapkan dapat menjadi magnet pembangunan baik bagi kawasan transmigrasi di sana maupun kecamatan lainnya. Program transmigrasi di Kubu Raya tidak hanya berhenti sampai di sini, karena pada tahun 2012 nanti kita akan kedatangan cukup banyak masyarakat transmigrasi yang sebagian besar adalah korban dari erupsi Gunung Merapi. Untuk itu, kita sudah menyiapkan 5000 hektare lahan pemukiman transmigrasi yang tersebar di Kecamatan Terentang, Teluk Pakedai dan Batu Ampar, pungkasnya. (oen)

BPMPT Landak Belajar ke Kubu Raya SUNGAI RAYA. Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Landak, mengutus enam orang stafnya untuk belajar sistem pelayanan terpadu satu pintu di Kubu Raya. Kita membantu teman-teman dari BPMPT Kabupaten Landak untuk memberikan informasi tentang sistem pelayanan terpadu dan sistem satu pintu yang kita terapkan. Merka mengutus enam orang stafnya selama satu minggu untuk mencari informasi tentang pelayanan yang kita lakukan, kata Plt Kepala Badan Penanaman Modal dan

Pelayanan Terpadu Kabupaten Kubu Raya, Maria Agustina. Maria mengatakan pihaknya memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh perwakilan BPMPT Kabupaten Landak tersebut. Bahkan enam orang staf BPMPT Landak itu juga ikut melakukan kegiatan survey dan pendataan yang dilakukan BPMPT Kubu Raya terhadap pihak yang akan menanamkan modalnya dan membuat perijinan. Dari hasil kunjungan BPMPT Landak itu juga mereka berencana untuk membeli program sistem layanan yang kita buat.

Namun hal itu masih akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Landak, kata Maria. Maria mengaku tidak mempermasalahkan jika ada keinginan BPMPT Landak untuk membeli program mereka, karena program tersebut memang dirancang khusus untuk menerapkan pelayanan satu pintu dan layanan terpadu dari proses perijinan. Kita memiliki tim IT yang memang bertugas untuk selalu mengupdate dan membuat program terbaru untuk menyempurnakan layanan yang ada di BPMPT, jadi kalau ada pihak lain yang

akan membeli program kita, jelas akan kita layani, tuturnya. Dia menjelaskan, BPMPT Kubu Raya saat ini BPMPT Kubu Raya telah melayani 73 perijinan setelah melakukan penandatanganan fakta intergritas bersama dinas teknis yang tergabung dalam pelayanan terpadu satu pintu. Awalnya kita hanya melayani 14 perizinan, namun setelah melakukan asistensi dengan beberapa dinas teknis dan setelah mendapatkan persetujuan bupati Kubu Raya, ada 59 perizinan baru sehingga saat ini kita siap melayani 73 perizinan, katanya.

Ke-59 perizinan baru tersebut berasal dari Dinas Perhubungan, pendidikan, Kesehatan, Komunikasi dan Informasi serta Perikanan dan Kelautan. Untuk melayani 73 proses perizinan tersebut, pihaknya telah mempersiapkan Sumber Daya Manusia dan sarana teknis untuk melakukannya. Karena dalam proses penerbitan izin, tidak hanya SDM yang ada di BPMPT yang dilibatkan, tetapi juga yang ada di setiap dinas teknis. Tinggal bagaimana kita menguatkan mekanisme perizinan yang nantinya akan dilakukan secara bersama, pungkasnya. (oen)

Dokumen Negara Wajib Diserahkan ke Arpusda SUNGAI RAYA. Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kubu Raya. Drs. Jipridin menegaskan bahwa dokumen negara wajib diserahkan ke Kantor Kearsipan Daerah yang ada di daerah tersebut. Karena itu telah tertuang dalam Nomor UndangUndang Nomor 7 Tahun 1971 di perbaharui dengan Undang-Undang Nomor 43 Ta-

hun 2009 tentang Kearsipan. Dalam nomenclature, kearsipan ini menjadi urusan wajib. Jadi tidak boleh ditunda-tunda oleh pemerintah daerah untuk mengarsipkan dokumennya. Konsekuensinya dia harus diberikan amanah besar baik dari SDM maupun alokasi anggaran, jelas Jipridin kepada wartawan. Jadi Kantor Kearsipan Daerah,

lanjut dia, sudah kewajibannya menghimpun berbagai dokumen yang ada di lembaga pemerintah, non pemerintah, dan lain sebagainya. Semua urusan kearsipan harus terkumpul di Kantor Kearsipan Daerah ini. Memang sampai sekarang sudah ada beberapa SKPD yang sudah mengumpulkan dan menyerahkan dokumennya

ke Arpusda. Tetapi ada juga yang belum bersedia menyerahkannya, ungkap dia. Karena itu dia mengimbau kepada SKPD yang belum menyerahkan dokumennya wajib untuk serahkan ke Arpusda sebagai dokumen negara. Disebutkannya, arsip terdiri dari arsip vital, arsip dinamis, arsip statis, arsip aktif dan arsip inaktif.

Dokumen-dokumen negara masuk dalam kategori arsip vital yang tidak tergantikan. Untuk arsip ini kami hanya menyimpan berupa copy sementara SKPD adalah aslinya, tutur dia. Itu menurut Jipridin, dimaksudkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti jika terjadi kehilangan, kerusakan atau terbakar. Dan berdasarkan aturan, siapa

saja yang memerlukan sebuah arsip yang diinginkan diperbolehkan mencari di Kantor Arsip Daerah. Dan kalau sudah menjadi diserahkan ke Kantor Arsip Daerah maka menjadi tanggung jawab penuh kantor kearsipan, pungkasnya. (oen)

gema kabupaten pontianak 

derap bestari

Kerjasama dengan Disdik KASUB Bid Advokasi Tenaga Kerja, Perempuan dan Anak Kementrian Tenaga Kerja dan Transimigrasi RI, Netty F Silalahi mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan untuk mengatasi masalah anak yang bekerja pada pekerjaan terburuk. Para anak tersebut akan dikembalikan ke bangku sekolah. Tujuan utama pembentukan komite aksi daerah dan penyusunan aksi penghapusan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak di daerah, mengurangi jumlah anak yang bekerja pada pekerjaan terburuk. Anak-anak boleh bekerja, tetapi tetap harus sekolah. Karenanya, anak-anak itu nantinya akan kita kembalikan ke bangku sekolah, tegas Netty. Dijelaskannya, dalam pelaksanaan program kerjanya tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan. Baik di tingkat pusat hingga di dinas kabupaten dan kota. Dengan kerjasama tersebut, maka program pengentasan masalah anak yang bekerja pada pekerjaan terburuk di Kabupaten Pontianak, diyakini dapat diatasi dengan baik. Kita berikan motivasi dulu kepada anak-anak tersebut. Pembinaannya harus dilakukan secara bertahap. Supaya anak mau kembali bersekolah. Anak tersebut akan kita bimbing selama satu bulan penuh. Apabila anak memiliki komitmen untuk sekolah, kita salurkan sesuai keinginan mereka mau bersekolah di mana, tuturnya. Hasil analisanya, salah satu faktor yang paling dominan mendorong anak untuk meninggalkan sekolah dan memilih untuk bekerja, masalah ekonomi keluarga yang morat-marit. Akibatnya, anak terpaksa bekerja membantu perekonomian keluarganya untuk tetap bertahan hidup. Terutama anak-anak yang berasal dari rumah tangga miskin. Mereka tidak memiliki pilihan untuk bersekolah. Anak-anak seperti itulah yang menjadi sasaran utama kita untuk diberikan motivasi agar mau kembali ke dunia sekolah, ujarnya. Misalnya, timpal Netty, pihaknya bersama Dinas Pendidikan (Disdik) di kabupaten dan kota akan mengupayakan program paket paket A, B atau C untuk anak-anak yang telantar pendidikannya. Program tersebut sudah dilaksanakan di 12 kabupaten dan kota. Pada tahun depan akan lebih banyak lagi kabupaten dan kota yang mendapatkan bantuan tersebut. Program ini sendiri sudah berjalan kurang lebih tiga tahun. Dan hasilnya cukup memuaskan, imbuhnya. Upaya yang kita lakukan ini semata-mata agar generasi penerus tidak terpuruk masa depannya. Terutama anak-anak pedalaman agar mau bersekolah. Jika tidak bersekolah sekarang, bagaimana dengan anak cucunya mendatang. Dengan bersekolah, maka mereka akan menimba ilmu untuk masa depannya sendiri, tukasnya. Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor : KEP.235/MEN/2003 tanggal 31 Oktober 2003 menerangkan, jenis-jenis pekerjaan yang membahayakan kesehatan dan keselamatan anak seperti, pekerjaan yang berhubungan dengan mesin pesawat. Selain itu, instalasi dan peralatan lainnya. Pekerjaan perakitan, pemasangan, pengoperasian, perawatan dan perbaikan. Mesin perkakas seperti, mesin bor, gerinda, mesin potong, mesin bubut dan mesin skrap. Mesin produksi seperti, mesin rajut, mesin jahit, mesin tenun, mesin pak dan mesin pengisi botol. (shn)

Jemaah Haji Berangkat 20 Oktober MEMPAWAH. Berbagai persiapan keberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Pontianak telah dilakukan. Rencananya, sebanyak 175 jemaah haji akan berangkat pada 20 Oktober 2011. Keberangkatan itu sendiri akan dilepas langsung Bupati Pontianak, Ria Norsan di Kantor Bupati Pontianak. Sesuai jadwal keberangkatan, jemaah haji Kabupaten Pontianak masuk dalam kelompok terbang (kloter) 21. Kita tergabung dengan jemaah haji Kabupaten Landak sebanyak 49 jemaah, Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak 114 jemaah, Kota Pontianak sebanyak 106 jemaah. Jadi total kloter 21 yakni 445 jemaah dan petugas, ungkap HM Yunus, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Pontianak belum lama ini. Dijelaskannya, sebanyak 175 jemaah asal Kabupaten Pontianak akan diberangkatkan dari

Mempawah pada 20 Oktober dan menuju ke asrama haji Kota Pontianak. Selanjutnya, pada tanggal 21 Oktober para jemaah yang tergabung dalam kloter 21 Kalbar akan diberangkatkan menuju Batam. Jemaah akan diberangkatkan dari Batam ke Jeddah pada 22 Oktober 2011. Pada penerbangan pertama akan diberangkatkan beberapa kloter. Yakni, kloter 17, 18, 19, 20, 21 dan 22. Setelah tiba di Maktaf Mukaramah, jemaah kita akan menempati maktaf 20 yang berjarak kurang lebih 1,5 kilometer dari Mekkah, ungkapnya. Setelah menunaikan berbagai agenda ibadah haji yang telah ditetapkan, jemaah haji tergabung dalam kloter 21 akan kembali ke tanah air pada 2 Desember 2011 mendatang, menggunakan pesawat Arabian Air Line Nomor Penerbangan SV5414.

HM Yunus

AlÂż Shandy/Equator

Mudah-mudahan seluruh jemaah haji asal Kabupaten Pontianak senantiasa diberikan Allah SWT hidayah. Dijaga kesehatannya selama menjalankan ibadah

haji. Sehingga para jemaah dapat melaksanakan berbagai agenda ibadah dengan baik dan khusyuk. Agar dapat menjadi haji yang mabrur, harapnya. Terkait persiapan jemaah, Yunus mengaku telah melaksanakan seluruh prosedur keberangkatan jemaah, sebagaimana ditetapkan pemerintah. Mulai dari persiapan administrasi, ďŹ sik serta kegiatan ibadah yang akan dilaksanakan pada pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya. Semuanya sudah dilaksanakan. Beberapa waktu lalu kita baru saja menyelesaikan kegiatan manasik haji. Kemudian, para jemaah menjalani tes kesehatan tahap kedua. Kami juga sudah memberikan persiapan lainnya, seperti koper yang akan digunakan untuk membawa barang-barang keperluan jemaah, urainya. Yunus berpesan agar para jemaah haji Kabupaten Pontianak senantiasa menjaga kesehatan

dan kebugaran fisiknya. Apalagi menjelang keberangkatan ke tanah suci Mekah. Agar para jemaah dapat berangkat dengan baik untuk menunaikan rukun Islam kelima. Melaksanakan ibadah haji itu merupakan panggilan dari Allah SWT. Tentunya, kita mesti mempersiapkan diri dengan baik, agar dapat menjadi tamu Allah yang baik pula. Mulai dari persiapan fisik maupun mental. Supaya semua rangkaian ibadah haji dapat dijalankan dengan baik, benar, lancar dan sempurna, harapnya. Pada keberangkatan tahun ini, para jemaah akan didampingi para petugas haji yang telah ditunjuk. Yakni, TPHI, Dorahman, Pembimbing Haji, KH Tusirana Rasyid, tim medis terdiri dari, dr Teguh Arianto Slamet, Hj Aswati Jamal Sahri, Rizki Imaniar Fitrianto serta Sumardi dari TPHD Kalbar. (shn)

Desa Parit Bugis Terima BBR MEMPAWAH. Warga Desa Parit Bugis Kecamatan Segedong mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pontianak atas penyaluran bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR). Bantuan tersebut diserahkan melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Sosnakertrans). Mewakili seluruh masyarakat penerima bantuan BBR di Desa Parit Bugis Kecamatan Segedong, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pontianak. Atas perhatian dan kepeduliannya, warga kami mendapatkan bantuan tersebut, ucap koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Segedong, Dahlan kepada Equator, Jumat (23/9) di Mempawah. Bansos yang diberikan berupa bahan material bangunan itu diserahkan kepada beberapa Kepala Keluarga (KK) masyarakat miskin di Kecamatan Segedong. Material yang diberikan pemerintah berupa seng gelombang, papan lantai

BBR ketika hendak disalurkan ke masyarakat penerima bantuan di Kecamatan Segedong. AlÂż Shandy/Equator dan dinding, kayu batangan serta lainnya. Dahlan mengungkapkan, penyaluran Bansos dilakukan atas hasil monitoring yang

dilakukan pihaknya. Selanjutnya, tim menunjuk masyarakat di Kecamatan Segedong yang memiliki tempat tinggal yang dinilai tidak layak huni.

Pada dasarnya, jumlah KK penerima Bansos yang diusulkan banyak. Namun, Bansos ini tidak hanya untuk Kecamatan Segedong saja. Melainkan juga kecamatan lain di Kabupaten Pontianak. Sehingga perlu dilakukan pembagian secara adil dan merata, tuturnya. Dalam realisasi Bansos tersebut, Dahlan menegaskan, pihaknya akan melakukan monitoring dan pengawasan di lapangan. Karenanya, masyarakat penerima bantuan hendaknya dapat merealisasikan Bansos itu sebagaimana mestinya. Material Bansos tidak boleh dijual. Kami akan melakukan pengawasan kepada masyarakat penerima Bansos. Jika diketahui ada warga penerima Bansos yang menjual material itu, maka akan kita laporkan kepada dinas. Tentu masyarakat bersangkutan akan ditindak dan diberikan teguran, ujarnya. Terkait penyaluran Bansos, dilakukan dengan cara seleksi dan penjaringan di lapangan

secara riil. Sebagaimana kondisi masyarakat calon penerima Bansos. Setelah memenuhi kriteria yang ditetapkan sebagai penerima bantuan, barulah pihaknya menetapkan realisasi bantuan tersebut. Banyak rumah tidak layak huni di Kabupaten Pontianak. Karenanya, penyaluran Bansos yang kami lakukan harus benar-benar selektif. Masyarakat penerima bantuan harus benar-benar membutuhkan dan tidak teriindikasi upaya untuk menjual material yang diberikan, bebernya. Dahlan berharap, kedepan akan lebih banyak lagi KK di Ke c a m a t a n S e g e d o n g y a n g mendapatkan bantuan tersebut. Karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan tersebut. Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk memperjuangkan agar lebih banyak lagi KK di Kecamatan Segedong yang menerima bantuan pada tahun 2012 mendatang, tegasnya. (shn)


11 

suare kite

Pemadam Kebakaran Juga Peduli Lingkungan

singkawang Spektakuler

Sabtu, 24 September 2011

Guru Jangan Main Lapor

Petugas pemadam kebakaran menanam pohon sebagai bentuk aksi peduli lingkungan.Mordiadi Singkawang. Bukan hanya selalu sibuk memadamkan api yang berkobar, para petugas pemadam kebakaran di Kota Singkawang juga sangat peduli terhadap lingkungan. Bersama pihak lainnya, mereka juga turut mewujudkan Singkawang sebagai Kota Hijau. Seperti yang dilakukan Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS) Widya Bhakti dan Dwi Tunggal yang menanam 120 pohon, Jumat (23/9). Pohon tersebut disebar di beberapa kawasan, seperti di pinggir ruas Jalan Hermansyah ditanam 24 batang, Jalan Syafeuddin 64 batang, Jalan Kom Yos Soedarso 11 batang dan di Jalan Ampera 17 batang. Kegiatan ini merupakan bukti, bahwa masyarakat sangat ingin berperan terhadap kelestarian lingkungan hidup, mengingat Kota Singkawang merupakan kota yang berkembang dan maju. Jadi memerlukan keindahan dan keteduhan, inilah bentuk partisipasi masyarakat, kata Burhanuddin, Camat Singkawang Barat disela-sela aksi penanaman pohon itu. Aksi peduli lingkungan itu didukung Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Singkawang, Kecamatan Singkawang Barat, Kelurahan Melayu dan Pasiran. Tidak ketinggalan Pasukan Kuning. Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kota Singkawang Elisabeth Majuyetty Hasan Karman atau yang akrab disapa Emma menyampaikan rasa terimakasihnya atas partisipasi masyarakat tersebut. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon. Kami akan menyiapkan bibit tanaman dengan catatan penanaman harus dilakukan dengan benar. Sehingga tanaman tersebut tumbuh dengan baik, ucap Emma. Dia juga mengharapkan, penanaman pohon seperti ini harus dilakukan secara berkesinambungan. Penanaman harus terus dilakukan selama masih ada bibit dan lahan untuk ditanami pepohonan, pungkas Emma. (dik)

Guru SMA sederajat se-Kota Singkawang menggelar silaturahmi di Aula SMK Negeri 2 Singkawang, Jumat (23/9). Mordiadi

Singkawang. Dinas Pendidikan Kota Singkawang melarang para guru main lapor ke walikota atau wakil walikota, bila menghadapi suatu permasalahan. Apalagi langsung besadu ke legislatif dan media massa. Kalau ada masalah jangan lang-

Momen Saling Mengingatkan Singkawang. Tradisi halal bihalal pasca Idulfitri 1432 Hijriah, selain untuk saling memaafkan antara satu dengan lainnya, juga sebagai momen untuk saling mengingatkan. Mari kita saling mengikhlaskan, memaafkan dan saling mengingatkan, ajak Karim SH, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Singkawang ketika halal bihalal di Aula Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Singkawang, Kamis (22/9) lalu. Halal bihalal dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dilantunkan Rian Kurniawan SSt Pi itu dihadiri mantan Kepala DKP Kota Singkawang Arief

SAMBAS



sung lapor ke atasan, ngomong ke koran atau ke Dewan, kata Rasyidi, Kepala Bidang (Kabid) Ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Singkawang ketika silaturahmi dengan guru SMA sederajat seluruh Kota Singkawang di Aula SMK Negeri 2 Singkawang, Jumat (23/9).

Fahmi dan istrinya, serta Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP dan KB) Drs Najib MSi. Selain itu, hadir pula para aparatur DKP Kota Singkawang beserta para keluarganya. Seperti pelaksanaan halal bihalal pada umumnya, mereka saling memaafkan, karena yang namanya manusia tidak pernah luput dari kesalaan dan kekhilafan, baik di sengaja ataupun tidak. Selain itu, Karim juga memberikan bingkisan kepada mantan Kepala DKP Arief Fahmi. Sementara uraian hikmah dari halal bihalal itu disampaikan Ustaz Mustafa. (dik)

Hal tersebut disampaikannya di hadapan ratusan guru SMA/SMK seKota Singkawang yang menghadiri acara perkenalan dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Singkawang yang baru, Drs Ahyadi MM. Rasyidi menjelaskan, bila guru yang menghadapi suatu permasalahan dan langsung melaporkannya ke atasan, baik kepada walikota atau wakil walikota, berbicara di media massa atau besadu ke DPRD Kota Singkawang, tentunya akan memunculkan masalah baru. Kalau guru main lapor seperti itu, kami juga akan repot menghandle-nya, menjelaskan duduk permasalahannya, terangnya. Dia mengharapkan, sebelum melakukan hal tersebut, alangkah baiknya dibicarakan terlebih dahulu kepada atasan masing-masing, seperti kepala sekolah, Dinas Pendidikan dan lainnya. Kalau Dinas Pendidikan sudah tidak sanggup menyelesaikan permasalahan tersebut, barulah ke atasan, ujar Rasyidi. Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Singkawang Ahyadi. Menurut dia, terkait pemecahan masalah yang dihadapi, sebelum berbicara di media massa,

legislator tentunya ke Dinas Pendidikan dulu. Dinas Pendidikan ini kan sebagai bapak, kata Ahyadi mengibaratkan. Dia menambahkan, bila anakanak atau cucunya dihadapkan pada persoalan seperti pemukulan terhadap siswa, guru atau pengawas jarang masuk, jangan langsung dilaporkan. Kita coba dulu selesaikan di lingkungan kita, apa jalan keluarnya baru kita sampaikan ke pers, bahwa permasalahan sudah diselesaikan dengan jalan keluar ini, papar Ahyadi. Penyelesaian permasalahan seperti inilah yang diterapkan di Dinas Pendidikan Kota Singkawang. Kita membangun prinsip kebersamaan dalam menyelesaikan masalah di

sekolah, tetapi kita tetap kerjasama dengan pers, jelas Ahyadi. Terkait dengan adanya guru tertentu yang gemar langsung melapor ke walikota atau wakil walikota bila dihadapkan pada suatu permasalahan ungkap Ahyadi, memang pernah terjadi. Tidak etis kita sebutkan namanya, tetapi masalahnya sudah kelar, katanya. Dia mengharapkan sebelum permasalahan tersebut disampaikan ke walikota, wakil walikota atau sekda selaku atasan, tentunya lebih baik dicarikan solusinya dahulu secara kebersamaan. Karena kalau kita mengeluarkan suatu kebijakan tentunya banyak yang harus dipertimbangkan, ingat Ahyadi. (dik)

sambas terigas

tumpahansalok

25 Gapoktan Terima Bantuan Power Tracer

Biasakan Hidup Sehat

Hasil Gabah Kering Merugi 25 Persen

Ketua TP-PKK Kabupaten Sambas Wafidah Pabali Musa mempraktikkan cara mencuci tangan menggunakan sabun yang benar. M Ridho Sambas. Untuk membiasakan hidup sehat di kalangan masyarakat, khususnya anak-anak, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sambas menggelar praktik cara mencuci tangan menggunakan sabun di SDN 24 Desa Lubuk Dagang Sambas, Jumat (23/9). Praktik mencuci tangan kata Ketua TP-PKK Kabupaten Sambas Wafidah Pabali Musa, dilakukan agar anak-anak memahami bagaimana mencuci tangan yang benar menggunakan sabun. Menurutnya, tanpa kita sadari tangan anak-anak sehabis bermain terkena bakteri maupun virus. Sehingga saat makan dapat menyebabkan sakit perut. Makanya praktik mencuci tangan ini kita laksanakan di sekolah-sekolah, kata Wafidah di hadapan guru dan siswa SDN 24 Desa Lubuk Dagang. Dijelaskan istri orang nomor dua di Pemkab Sambas ini, gerakan cuci tangan yang dilaksanakan merupakan kerjasama antara PKK dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas. Tujuannya, agar anak-anak membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun. Sehingga anakanak sejak dini bisa menjaga kesehatan dan menjadi anak yang cerdas, jelas Wafidah. Cara mencuci tangan yang benar dan tidak sembarangan sengaja dipraktikan agar anak-anak memahaminya. Karena ada 10 cara mencuci tangan yang benar. Saya berharap murid-murid setelah itu membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan, karena mencuci tangan pakai sabun dapat membunuh bakteri dan virus di tangan kita. Jadi mencuci tangan pakai sabun harus dibiasakan mulai dari sekarang, ingatnya. Di tempat yang sama, Kepala SDN 24 Desa Lubuk Dagang, Etnino Kamil mengucapkan terimakasih kepada TP PKK Kabupaten Sambas. Apalagi gerakan yang dianjurkan TP PKK Kabupaten Sambas ini dapat membiasakan anak-anak berprilaku hidup sehat. Mudah-mudahan dari kegiatan praktek mencuci tangan menggunakan sabun ini dapat menjadikan anak-anak kita sehat dan cerdas, pungkasnya. (edo)

Semparuk. Untuk meningkatkan produksi dan kualitas pertanian di Kabupaten Sambas yang merugi 25 persen setiap tahun, Kamis (22/9) Bupati Sambas dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPh menyerahkan mesin perontok padi (power tracer) kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Fajar Sejahtera di Desa Singa Raya, Kecamatan Semparuk. Kabupaten Sambas merupakan lumbung padi Kalbar, dengan memproduksi gabah kering sekitar 300 ribu ton lebih pertahun. Tapi karena masih kurang memahami ilmu pertanian, menyebabkan hasil pengelolaan gabah kering setiap tahunnya terus merugi sebesar 25 persen, tegas Bupati Sambas saat penyerahan bantuan yang dihadiri Kepada Dinas Pertanian dan Peternakan, Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas serta Bulog Kabupaten Sambas dan Kota Singkawang. Jika 25 persen kerugian produksi ini diuangkan papar Juliarti, kerugian petani bisa mencapai Rp 100 miliar pertahun. Ini yang harus menjadi perhatian kita, bagaimana petani dapat terus meningkatkan produksi gabah kering, ucapnya. Menurut Juliarti, dalam mening-

Bupati Sambas dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH menyerahkan power tracer kepada Ketua Gapoktan Fazar Sejahtera Kecamatan Semparuk, Jamhari. M Ridho

katkan kesejahteraan masyarakat, produksi padi tetap merupakan prioritas guna mengantisipasi pasca panen yang terus merugi, khususnya kehilangan hasil yang masih cukup besar. Ia berharap, bantuan power tracer yang nantinya diletakkan di tengah sawah dapat membantu meningkatkan kualitas panen padi.

Sehingga produktivitas padi setiap tahun dapat terus ditingkatkan. Bantuan yang diserahkan diantaranya 9 unit power tracer, 13 unit terpal dan 45 sabit bergerigi, ungkap Juliarti. Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sambas Ir Daryanto MT menjelaskan, selain bantuan

penyerahan mesin paska panen padi, Gapoktan Fajar Sejahtera Singa Raya juga mendapatkan dana Tugas Pembantuan (TP) sebesar Rp 180 juta. TP merupakan dana bantuan sosial dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN). Dana ini nantinya digunakan untuk Gapoktan Fajar Sejahtera Singa Raya sesuai keperluan kelompoknya dalam

meningkatkan hasil pertanian, terang Drayanto. Di tempat terpisah, Ketua Gapoktan Fajar Sejahtera Desa Singa Raya Kecamatan Semparuk, Jamhari mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Pemkab Sambas yang sangat peduli dalam memajukan ketahahan pangan Kalbar. Apalagi Kabupaten Sambas merupakan lumbung padinya Kalbar. Kami minta agar Pemkab Sambas dapat mempertahankan program pembinaan kepada petani, sehingga hasil produksi pertanian di Kabupaten Sambas terus meningkat, harapnya. Di sisi lain, pemerintah diharapkan dapat menambah anggaran pertanian yang nantinya digunakan untuk membatu petani dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas hasil pertanian. Seperti penyediaan pupuk bersubsidi dan dana simpan pinjam petani, yang nantinya dapat dijadikan modal untuk menambah hasil pertanian yang lebih baik. Penyediaan fasilitas infrastruktur pertanian juga sangat diperlukan oleh petani. Tujuannya, supaya hasil pertanian mudah dipasarkan, sehingga ketahanan pangan di Kabupaten Sambas terus meningkat, ungkapnya. (edo)

Promosikan Sambas di Malaysia Crosser Malaysia Ikuti Grass Track Anumerta Sambas. Anumerta Sport Club (ASC) menggelar Sunday Race Exhibition di Lapangan Grass Track Anumerta Jalan Raya Subah Kilometer (KM) 13 Sambas, Minggu (25/9). Para crosser Malaysia memastikan diri mengikuti acara ini dan mempromosikan Sambas di negaranya. Sekarang ini persiapan panitia sudah mencapai 90 persen, kata Ketua Panitia Pelaksana, Hendro kepada Equator, Jumat (23/9). Dijelaskan Hendro, kegiatan Sunday Race Exhbition akan diikuti enam crosser dari Sukan Lumba Otomotif Serawak, yang beralamat di Jalan Briliance, Kuching, Serawak di bawah pimpinan Mr William. Enam crosser ini sekarang sudah tiba di Kabupaten Sambas didampingi tiga crew serta mekanik. Mereka tiba di Kabupaten Sambas melalui Border Aruk, Indonesia dan Biawak, Malaysia, jelas Hendro. Ia berharap kegiatan ini akan

berjalan aman dan lancar, karena kegiatan grass track yang dilaksanakan merupakan kegiatan budaya agar orang luar mau datang berkunjung ke Sambas. Kegiatan ini terlaksanan berkat dukungan H Subhan Nur, salah seorang pengusaha Kabupaten Sambas yang menyisakan 10 hektar lahannya untuk lokasi grass track bagi kegiatan pemuda di Kabupaten Sambas, terang Hendro. Di tempat yang sama, H Subhan Nur, pengusaha Kabupaten Sambas mengungkapkan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk mengajak para pengusaha yang ada di Kabupaten Sambas agar ikut memfasilitasi kegiatan pemuda. Kita juga meminta Pemkab Sambas dapat berlaku adil dalam memfasilitasi kegiatan pemuda, karena kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mempromosikan Sambas, kata Wakil Ketua Kadin Kalbar Bidang

Perbatasan ini. Menurut H Subhan, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar menilai Lapangan Aumerta Sport Club nomor dua terbaik di Kalbar setelah Kabupaten Sekadau. Sayangnya papar Subhan, Lapangan Grass Track masih banyak fasilitas yang kurang, sementara setiap kegiatan yang digelar telah memberikan retribusi bagi Pemkab Sambas. Padahal hasil dari kegiatan ini untuk pembinaan klub di Sambas. Seharusnya kegiatan kita didukung dan dibantu, bukannya kita yang harus memberikan retribusi. Apalagi kegiatan ini sifatnya pancingan bagi orang luar agar mau berkunjung ke Sambas, singgungnya. Sementara itu, Resident Sarawak Motor Club, William Sinos mengaku sangat terharu dengan penyambutan dari Anumerta. Apalagi ia baru pertama kali datang ke Kabupaten Sambas. Dalam kegiatan ini kita

H Subhan Nur menyerahkan cinderamata Kain Sambas kepada Resident M Ridho Sarawak Motor Club, William Sinos. membawa enam crosser dan tiga crew. Mereka merupakan crosser aktif, ada juga yang pernah juara tingkat nasional di Malaysia, kata William. Dijelaskan William, selama mengikuti pertandingan ini tidak hanya menang yang dicari, melainkan bagaimana meningkatkan hubungan sebagai bangsa serumpun.

Setelah pertandingan nanti, mereka juga akan memperkenalkan Sambas di Malaysia. Harapan kita, melalui olahraga ini dapat meningkatkan hubungan keakraban crosser Indonesia dan Malaysia, ungkap William yang juga Pengerusi Sarawak Automotif Racing Club Association (Sarsa). (edo/*)


melawi membangun

12  apai kato kito

Mesti Diawali dengan Konsep Perencanaan

Bangun Industri Kecil NANGA PINOH. Era Otonomi daerah sekarang ini, kemajuan pembangunan sektor ekonomi maupun pendapatan daerah amat berpengaruh terhadap perkembangan suatu Kabupaten ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah kabupaten adalah membangun industri berskala kecil. Pemerintah dapat memulai membangun industri kecil. Demikian juga halnya dengan adanya pemerintahan Desa. Kalau mereka membuat industri kecil akan berdampak pada kenaikan pendapatan warga desa, kata Agung, pekerja swasta kepada koran ini, kemarin (23/9). Dijelaskannya upaya memajukan perkembangan perekonomian masyarakat Melawi, di samping usaha sebagai petani, perlu bangun industri-industri kecil. Jelas ini biasa membantu dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, ujarnya. Lanjutnya, langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membantu perkembangan industri kecil masyarakat tersebut, perlu dibentuk semacam badan usaha berupa usaha kecil menengah (UKM) atau koperasi. Fungsinya sebagai wadah untuk menampung hasil industri dan bisa memberikan modal serta simpan pinjam uang kepada masyarakat dalam mengembangkan usahanya. Selama ini yang menjadi kendala masyarakat dalam mengembangkan usahanya adalah kurangnya modal. Serta susahnya dalam menyalurkan hasil. Itu harus disikapi oleh koperasi, harapnya Ia mengaku pesimis berladang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Apalagi mayoritas masyarakat Melawi sebagai Petani, pekerjaan yang ditekuni berladang sulit untuk meningkatkan kesejahteraan. Kita berharap ke depannya bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama meningkatnya di ekonomi sector pertanian maupun di bidang usaha lainnya di Kabupaten Melawi, paparnya Supaya terwujud semuanya itu, tidak terlepas dari dukungan semua pihak yang terkait. Lebih-lebih dukungan dari para investor yang punya keinginan untuk mengembangkan usahanya di Melawi, ujarnya. (aji)

Satu Desa Satu Produk NANGA PINOH. Keinginan pimpinan Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (DP3) Melawi, untuk menciptakan satu desa satu produk unggulan sangat brilian. Pun begitu, gerak mendorong satu desa satu produk ini perjuangan berat dan memerlukan waktu yang panjang. Hingga mesti dimulai dengan perencanaan yang baik, komprehensif dan teliti. Sebab, bila tidak dimulai dengan perencanaan yang baik, ditakutkan akan gagal di tengah jalan. Satu desa satu produk unggulan merupakan keinginan yang sangat brilian. Di negara maju sudah lama menerapkan ini. terutama di Jepang. Langka ini mesti dimulai dengan perencanaan, kata Yadi, tokoh muda Melawi, kemarin. Dijelaskannya, perencanaan ini mesti melihat potensi masing-masing desa. Potensi desa ini mesti didapat secara detail. Jika memang di desa banyak potensi, namun yang diutamakan untuk dikembangkan adalah potensi yang bisa dilakukan warga. Serta dapat mengangkat ekonomi warga desa. Melawi memiliki 169 desa serta 400 lebih dusun. Potensi ini mesti detail hingga ke dusun. Kemudian orientasi pengembangan mesti membagi per kecamatan. Hingga bisa menciptakan siklus pasar di dalam satu kecamatan, paparnya. Lantas terang laki-laki asal

ARMINAREKA PERDANA Tour & Travel H MAA 8 JA TIS 1 GRA

Sabtu, 24 September 2011

Perwakilan Kalbar

WUJUDKAN NIAT DP: 3,5 Jt (Umroh) ANDA KE TANAH SUCI 5 Jt (Haji) Sisanya bisa diangsur Daftar segera Umroh dan Haji murah dan terjangkau

Melayani: - Umroh - Umroh Plus - Haji Plus - Tiket pesawat

Contact person HENDI: 08156873535 HENDI: VONNY:: 081257924050 VONNY

TERBAIK, TERPERCAYA DAN UTAMAKAN PELAYANAN Office: (H.A. Muchrin) Jl Juang No 123 Nanga Pinoh, Kab. Melawi 78672, telp/fax (0568)21207

Semading Lengkong ini menerangkan, dalam satu kecamatan, mesti ada yang menghasilkan produk pertanian, perikanan dan peternakan. Masing-masing desa berbeda komoditas pertanian yang dikembangkan. Begitu pula dalam dengan peternakan dan perikanan yang mesti beda tiap desa. Kalau memang masih belum mampu menjual ke daerah lain, maka produk yang dihasilkan bisa saling melengkapi antardesa di kecamatan. Hingga dalam satu kecamatan saja produk sudah bisa menciptakan menghasilkan bagi warga. Tapi mesti dibuat rencanarencana produk yang jelas tiap desa tersebut, ulasnya. Meski demikian, peluang pasar di luar Melawi, Pulau Jawa bahkan luar negeri mesti dipersiapkan. Perencanaan mengenai pemasalahan produk ke luar Melawi juga mesti matang. Penjajakan-penjajakan pangsa pasar luar Melawi juga mesti dibuat. Di Melawi sendiri telah menghasilkan produk yang siap jual. Namun, pengalaman di lapangan, mereka masih terkendala pada persoalan pemasaran. Jadi pemasaran sangat berperan penting dalam menciptakan satu desa satu produk, tegas Yadi. Bukan hanya itu, pintanya, dalam perencanaan tersebut, mesti ada kerja-kerja tiap tahun selama 5 ta-

Kawasan desa yang hijau dan rindang daunnya mendukung udara yang sehat, makin hebat kalau ekonominya mantap. ISTIMEWA hun ke depan. Kerja-kerja tersebut mesti detail dengan target yang realistis untuk dicapai. Serta mesti jelas apa yang dilakukan. Kerja-kerja teknis juga mesti

jelas. Hendaknya diberikan pada tenaga teknis internal dinas yang telah terbukti bekerja baik. Atau bisa juga diberikan pada lembaga swadaya masyarakat yang telah

terbukti bisa bekerja sama dengan masyarakat, pungkasnya. (aji)

Adat Istiadat Mesti Masuk Mulok Sekolah Setiap suku di Melawi telah memiliki organisasi untuk melestarikan budaya. Namun, untuk mendukung lembaga adat untuk melestarikan adat istiadat. Maka adat istiadat ini mesti diajarkan ke sekolah-sekolah melalui pelajaran muatan lokal (Mulok). Budaya daerah harus dilestarikan. Salah satu caranya

melalui proses belajar mengajar di sekolah. Dalam bentuk muatan lokal. Gagasan untuk memberi muatan lokal dalam pendidikan umum dihadapkan pada kenyataan masih belum ditanggulangi kalangan pendidik sendiri. Untuk mengatasi masalah itu, baik dalam hal penyediaan bahan pelajaran maupun tenaga pengajar dapat

diupayakan. Serta dilegalkan dengan penggunaan tenaga non guru, kata Syahdan Gawai, tokoh adat Katab Kabahan, dihubungi via seluler kemarin. D i u n g k a p k a n ny a b a ny a k warga yang memiliki keahlian yang khas mengenai budaya daerah yang ada di Melawi. Mereka memiliki kemampuan khas berbagai aspek budaya

bagi wilayah tertentu. Lantas ia menjelaskan, secara garis besar muatan lokal ini dapat dikelompokkan dalam dua golongan. Yakni berkaitan dengan pengetahuan alamiah dan berkaitan dengan budaya. Khusus pengetahuan budaya dapat pula dimasukkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa. Serta pengetahuan

seni daerah. Di tempat-tempat tertentu dapat pula dimasukkan adat istiadat masyarakat. Namun harus sesuai dengan budaya nasional, ulasnya. Seni, adat istiadat dan bahasa yang ada di Melawi ini sangat banyak. Memiliki keunikan yang bisa dijadikan bahan pembelajaran di sekolah. (aji)

sintang raya  apai ji kitak

Jangan Jadi Ajang Cari Popularitas Sintang. Keterpurukan pembangunan diwilayah perbatasan jangan dijadikan ajang mencari popularitas. Masih banyak daerah lainnya yang tertinggal, namun terkesan kurang diperjuangkan. Banyak pejabat selalu membicarakan soal perbatasan, seolah-olah hanya ingin mencari popularitas. Padahal, masih banyak daerah lain yang juga perlu mendapat perhatian, ungkap Anggota DPRD Sintang, Ginidie pada wartawan Jumat (23/9) kemarin. Dewan Daerah Pemilihan Serawai-Ambalau ini mengatakan, persoalan pembangunan diwilayah perbatasan memang perlu diperhatikan banyak pihak, mengingat kondisnya yang masih minim akan pembangunan. Namun perlu diingat, apakah daerah-daerah yang lain sudah mendapatkan perhatian pembangunan yang layak. Selama ini, wilayah perbatasan yang sering dibicarakan adalah Kecamatan Ketungau, padahal ada daerah lain yang kondisinya malah jauh lebih tertinggal. Ginidie mencontohkan, seperti Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau. Tidak hanya itu, Kecamatan Sepauk dan Tebidah juga masih tertinggal. Butuh pembangunan yang layak, kata Ginidie. Dikatakan Ginidie, dari sisi infrastruktur jalan, beberapa Kecamatan itu sampai sekarang juga belum memiliki jalan yang fungsional. Begitupula kebutuhan dasar lainnya seperti kesehatan, pendidikan maupun listrik. Seharusnya, bila berbicara soal pembangunan, semua wilayah harus mendapat porsi yang sama. Bukan hanya perbatasan saja. Kita minta pemerintah daerah, Provinsi maupun Pusat memperhatikan hal ini, tegasnya. Jangan hanya fokus pada perbatasan, tapi daerah lain diabaikan. Kecamatan lain juga penting untuk dikunjungi. Kita sudah upayakan Badan Pengelola Perbatasan di Kabupaten, daerah lain juga harus diupayakan dalam hal pembangunan, pinta Ginidie menambahkan. (din)

Sintang Masih Krisis Listrik Sintang. Listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Mirisnya, krisis listrik tidak hanya melanda masyarakat pedalaman, namun juga masih dialami masyarakat di Kecamatan Sintang. Hingga saat ini, 30 persen desa maupun kelurahan di Kecamatan Sintang masih belum terlayani penerangan berupa listrik dari negara. Kita sudah pernah mengajukan

mentara 30 persen lainnya belum. Wilayah-wilayah itu meliputi Desa Tertung, Mungguk Bantuk, Teluk Kelansam, Tanjung Kelansam. Padahal, bila dilihat secara letak wilayah desa maupun kelurahan yang belum teraliri listrik, umumnya tidak begitu jauh dari pusat kota. Saya pikir bukan karena letaknya, tapi lebih karena keterbatasan daya, ucapnya.

Ulil sangat berharap, dengan adanya rencana pembangunan PLGB dan PLTU, serta penambahan daya hasil kerjasama Pemkab Sintang dengan pihak PLN, wilayah yang belum teraliri listrik dapat segera diakomodir. Saat ini kita masih tetap menunggu pihak PLN mengaliri wilayah yang belum teraliri listrik. Harapan kita semua dapat terkaper,

harapnya. Pantauan Equator dilapangan, beberapa Rukun Tetangga (RT) dibeberapa Kelurahan di Kecamatan Sintang masih cukup banyak yang belum teraliri listrik, meliputi Sungai Rambai, Sungai Pekan, Batu Lalau yang masuk Kelurahan Kapuas Kiri Ilir (KKI). Ada juga di Kelurahan Kapuas Kanan Hilir (KKH), seperti Sungai Ringin. (din)

HUT Komisi Pelayanan Perempuan

GKE Nanga Tebidah PKK Ketiban Bantuan Mobil

Milton disambut Warga Tebidah Sintang. Bupati Sintang, Milton Crosby membuka Hut Komisi Pelayanan Perempuan Gereja Kalimantan Evanglis (GKE) Nanga Tebidah Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Sintang, Kamis (22/9). Dasar kegiatan tersebut meru-

Pempus Keliru Terapkan Moratorium Sintang. Moratorium PNS yang direncanakan pemerintah pusat (Pempus) bakal menjadi masalah bila diterapkan di Kabupaten Sintang. Alasannya, Kabupaten Sintang masih mengalami kekurangan tenaga cukup banyak, khususnya dibidang kesehatan dan pendidikan. Kita belum terima surat perintah Moratorium. Tapi kalau itu diberlakukan umum, pemerintah pusat keliru, ungkap Bupati Sintang, Milton Crosby pada Equator.

pemasangan jaringan bagi wilayah yang belum teraliri listrik. Tapi oleh karena keterbatasan daya, jadi belum bisa diakomodir, ungkap Camat Sintang, Ulidal Mohtar pada Equator. Pak Ulil, panggilan akrab pria ini menuturkan dari sembilan desa dan enam kelurahan yang ada di Kecamatan Sintang, baru sekitar 60 persen sudah terlayani listrik, se-

Menurut Milton, penerapan Moratorium PNS tidak bisa diberlakukan umum, terlebih di Kabupaten Sintang yang hingga saat ini masih mengalami kekurangan tenaga cukup banyak dibidang kesehatan dan pendidikan. Saat ini saja kita masih banyak kekurangan tenaga, bagaimana lagi kalau diberlakukan Moratorium. Itu sangat keliru, tegasnya. Menyikapi rencana Moratorium itu, Milton mengaku atas nama Pemkab Sintang sudah mengirimkan surat resmi ke-

pada pemerintah pusat. Kita sudah buat surat resmi. Kita tetap akan mengusulkan penerimaan PNS, kata Milton. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sintang, Veronika Ancili, masih enggan berkomentar banyak mengenai jumlah formasi penerimaan PNS maupun tentang rencana Moratorium. Tanggal 28-29 kita rapat. Nanti setelah rapat saja, ungkapnya sela-sela menghadiri rapat di DPRD Sintang. (din)

pakan program kerja tahunan oleh seksi pelayanan perempuan Nanga Tebidah. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 22-25 Septemnber 2011. Untuk memeriahkan HUT Komisi Pelayanan Perempuan GKE Nanga Tebidah, pihak panitia menggelar beberapa perlombaan. Kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan salah satu bentuk partisipasi kita dalam mendukung program kerja pemerintah, ungkap Milton saat membuka acara tersebut. Dikatakan Milton, peran ibu-ibu sangat diharapkan dalam mewujudkan kebersamaan dalam membangun keluarga. Karena itu kegiatan pada hari bukan hanya serimonial saja akan tetapi dapat berarti dan bermanfaat bagi kehidupan kita semua, kata Milton. Paling tidak kita dapat bertukar pikiran antara satu dengan yang lain, tambahnya. Usai menyampaikan sambutan Milton memukul gong tanda di mulainya kegiatan komisi pelayan perempuan GKE Nanga Tebidah. (din)

Milton Menyerahkan Kunci Pada Ketua TP PKK Sintang PKK Ketiban Bantuan Mobil Sintang. Bupati Sintang, Milton Crosby menyerahkan mobil operasional PKK Kabupaten Sintang kepada Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Sintang, Ny Kati Evelina Milton, di halaman Pendopo Kamis (22/9). Mobil tersebut diharapkan dapat membantu operasional PKK Kabupaten Sintang di lapangan. Mobil ini milik Pemkab Sintang, namun karena PKK membutuhkan maka kita bantukan satu unit mobil untuk operasional, kata

Milton. Milton mengatakan, selama ini mobil operasional PKK tidak ada. Alasan inilah Pemkab Sintang memberikan bantuan satu unit untuk operasional, agar digunakan sebagaimana mestinya. Paling tidak dapat menjangkau wilayahwilayah kecamatan yang ada. Harapan kita dengan bantuan mobil ini peran PKK akan makin maksimal. Apalagi ini mobil double gardan, ucapnya. Ketua TP-PKK Kabupaten Sin-

tang, Ny Katy Evelina menjelaskan bahwa mobil tersebut akan di gunakan untuk operasional PKK Kabupaten Sintang. Sebab selama ini PKK tidak memiliki mobil untuk turun kelapangan. Dasar inilah PKK mengajukan satu unit mobil Hilux kepada Pemkab Sintang. Selama ini kita masih minjam mobil Dinas Bagian Umum. Dengan adanya bantuan ini kita berharap dapat lebih memaksimalkan operasional keliling ke setiap kecamatan, terangnya. (din)


13 pemakaman lama penuh  ningkau nuan

uncak kapuas KAPUAS HULU

Kasatlantas Polres Kapuas Hulu Pindah Tugas

Tiga Persoalan Hambat Kemajuan Kapuas Hulu PUTUSSIBAU. Wilayah Kapuas Hulu mempunyai potensi sangat besar untuk menjadi daerah maju, namun saat ini masih terkendala oleh tiga masalah konkrit yang belum teratasi dengan baik. Ketiga masalah tersebut di antaranya, bidang ekonomi, bidang infrastruktur dan sumber daya alam (SDA). Yang pertama bidang ekonomi, pendapatan penduduk yang begitu rendah berimbas pada lambatnya percepatan kesejahteraan di dalam kehidupan masyarakat. Kemudian banyaknya masyarakat perbatasan yang menggantungkan pemenuhan kebutuhan pokoknya dari negara tetangga Malaysia, serta pemasaran hasil produksi lokal masih terbatas dan tingginya ketergantungan masyarakat terhadap alam terutama lingkungan hutan. Ini menjadi masalah yang perlu kita atasi bersama, agar terwujud kesejahtraan seperti yang inginkan, ungkap H Durus, Kabid Sosbud Bappeda Kapuas Hulu, kemarin. Dia juga mengajak kepada masyarakat agar selalu menggunakan produk yang ada di daerah sendiri. Yang kedua bidang infrastruktur terkait dengan adanya prasarana jalan darat yang masih sangat rendah baik kualitas maupun kuantitasnya, fasilitas pendidikan dan kesehatan belum begitu memadai terutama di daerah pedalaman dan terisolir. Selanjutnya sarana infrastruktur dasar seperti listrik dan air bersih masih sangat terbatas. Dikatakan Durus, perlu adanya penekanan infratruktur merupakan karena hal itu akan menjadi dasar bagi masyarakat dalam melakukan aktifas perekonomian serta dalam kesejahteraan di bidang kesehatan dan kehidupannya, jelasnya. Ketiga adalah sumber daya alam yang belum bisa dioptimalkan pengelolaannya dan pemanfaatannya karena berada di lokasi kawasan lindung. Padahal Kapuas Hulu mempunyai potensi yang sangat besar, asalkan bisa dilakukan pengolahan secara maksimal, nilainya. Kata Durus, pemerintah selalu melakukan usaha dan upaya untuk melakukan perubahan dan masyarakat, sebagai pelaku utama dalam bermasyarakat perlu mendukung hal tersebut. Selain itu ketiga permasalahan itu adalah kunci dari suatu daerah untuk menjadi daerah yang maju. Jika masalah ini bisa diatasi maka daerah kita akan menjelma menjadi daerah yang berkembang besar, apalagi daerah kita memiliki SDA yang sangat tinggi, tandasnya. Semuanya dapat terwujud melalui usaha bersama. Ketiga masalah itu mempunyai peranan yang sanga vital dalam kehidupan, segala sesuatu dalam pemenuhan harus dalam kehidupan bisa terpenuhi dengan baik jika mempunyai perekonomian yang baik. Keterkaitan masalah ini menjadi hal yang perlu kita prioritaskan untuk diselesaikan secara bersama, agar bisa di atasi dari segala faktor, pungkasnya. (lil)

Sabtu, 24 September 2011

Membangun Bumi Kapuas Hulu

BNI Akan Jalin Kerjasama dengan Pemda

Tingkatkan Kesejahteraan

Sertijab di lingkungan Polres Kapuas Hulu untuk karir dan pengabdian ke masyarakat. KHOLIL YAHYA/EQUATOR PUTUSSIBAU. Kasat Lantas Polres Kapuas Hulu, AKP Dwi Budi Murtiono, dipindahtugaskan ke Sintang. Penggantinya adalah IPTU Wahyu Jati Wibowo, SIK mantan Kapolsek Rasau Jaya Polresta Pontianak. Sertijab sendiri berdasarkan surat telegram Kapolda Kalbar guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas kepolisian Resort Kapuas Hulu. Karenanya dikeluarkan surat perintah dari Kapolri nomor STR/818/IX/2011 (9/9), tentang pemberhentian dan pengangkatan di lingkungan. Mutasi sendiri dilakukan dalam rangka penyegaran di lingkungan kerja Polres Kapuas Hulu, dalam menambah wawasan sekaligus dalam meningkatakan dan menentukan pola serta cara bertindak yang cepat dan tepat, dalam melaksanakan tugas yang diemban. Kapolres Kapuas Hulu AKBP Dhani Kristianto dalam amanatnya, pelaksanaan serah terima jabatan (Sertijab) itu, merupakan suatu proses yang wajar dan harus terjadi pada setiap personel Polri dengan tujuan dapat meningkatkan pembinaan karier bagi personel itu sendiri. Pergantian itu tidak lain untuk melakukan penyegaran sehingga dapat meningkatkan inovasi dalam melaksanakan tugas dari para personel, kata Dhani Kristianto saat membacakan amanat. Disampaikannya seiring dengan perkembangan zaman dan kompleksnya masalah yang dihadapi anggota Polri dalam melaksanakan tugas, sehingga menuntut anggota untuk selalu cepat dan tepat dalam menentukan pola cara bertindak. Agar selalu tercipta suasana kondusif setiap saat,

tukasnya. Selain itu tentang letak geograďŹ s Kapuas Hulu yang jauh dari provinsi, tidak dijadikan beban dalam melaksanakan tugasnya. Ini jangan sampai suatu hal yang dapat menghambat peran tugas dan tanggungjawab jabatan yang dipercayakan pimpinan kepada kita, ingatnya. Justru, timpalnya dengan kondisi demikian akan semakin mengasah potensi diri dalam mengemban tugas, seberapa besar pengabdian dan etos kerja yang diberikan. Hal itu akan menimbulkan penilaian tersendiri bagi pimpinan terhadap hasil evaluasi kerja yang telah dilakukan. Peran dan tanggungjawab akan menjadi prioritas dalam pengabdian kita sebagai penegak hukum, ungkapnya. Terkait dengan tugas, setiap pelaksanaan akan selalu berhubungan dengan masyarakat, terutama yang berhubungan dengan sosial. Langkah kita dalam mengatasi masalah yang ada akan menuntut kita menjadi suatu kebijakan, agar bisa cepat terselesaikan dan tidak menimbulkan permasalahan baru, tuturnya. Dia juga menyampaikan tugas yang diemban Kasatlantas yang lama mempunyai kesan tersendiri baginya, karena masa tugas Kasatlantas terlalu singkat, sehingga ada beberapa program-program lantas sendiri belum tercapai secara keseluruhan. Kalau dihitung-hitung masa aktif tugasnya hanya beberapa bulan saja, tandasnya. Dia mengucapkan selamat datang kepada Kasatlantas yang baru bisa memberikan suatu yang terbaik bagi masyarakat dan daerah. (lil)

PUTUSSIBAU. Kapuas Hulu menjadi sasaran banyak perusahaan untuk memperluas posisi wilayah tersebut. Salah satunya adalah Bank BNI 46 yang belum lama ini telah hadir melayani nasabah di Kapuas Hulu, khususnya Kota Putussibau. Kehadiran BNI bertekad untuk membawa dampak positif bagi masyarakat. Dalam waktu dekat ini BNI akan menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kapuas Hulu. Kerjasama tersebut di antaranya dalam merelokasi para Pedagang Kaki Lima (PKL) agar mendapatkan tempat yang lebih baik sehingga dapat semakin dapat meningkatkan perekonomiannya. Untuk daerah provinsi program itu sudah berjalan dengan sukses. Untuk di Putussibau sendiri masih menunggu koordinasi dari pihak pemerintah, ujarnya. Tidak hanya itu BNI juga mengadakan program untuk para petani, di mana program tersebut bisa membantu mereka dalam segi pemenuhan modal. Hal itu disampaikan pemimpin BNI Cab Kapuas Hulu, Joko Ismono menerangkan Kapuas Hulu merupakan daerah yang sangat berpo-

tensi untuk menjadi daerah berkembang. Potensi itu menjadi suatu modal utama untuk mewujudkannya. Dapat kita dilihat dari luas wilayah, banyaknya perkebunan sawit serta letaknya yang langsung bersentuhan langsung dengan perbatasan Malaysia, sebutnya. Kebetulan, sambungnya, bank di sini juga belum seberapa banyak tapi sudah mulai bermunculan, berdirinya BNI akan menjadi suatu contoh bagi bank-bank lain. Hal ini juga menjawab sebagian kebutuhan masyarakat untuk memudahkan dalam melakukan transaksi, sebab jumlah bank di Putussibau masih sangat terbatas. Kami yakin mampu memberikan kontribusi terhadap kemajuan perekonomian masyarakat di sini, kami bank nasional yang bisa melakukan transaksi dengan sangat mudah, jelasnya. Salah satu kemudahannya, setiap orang yang melakukan transaksi tidak perlu lagi mengisi formulir, bisa langsung transaksi dengan mendatangi teller. Fasilitas ini tidak bisa didapat dari bank-bank lain, sehingga akan terasa lebih mudah dan akan lebih menghemat waktu, paparnya. Sejauh ini dikatakannya

Joko Ismono. KHOLIL YAHYA/EQUATOR responsif masyarakat dengan hadirnya BNI cukup baik, karena hal ini juga membuat masyarakat semakin memudahkan transaksi yang dibutuhkan. Pertumbuhan kami sebagai bank yang baru hadir di Putussibau lumayan drastis, dalam beberapa bulan ini kami sudah mempunyai nasabah tiga puluhan lebih, kami yakin hal ini akan semakin terus bertambah seiring dengan pertumbuhan jaman dan kebutuhan masyarakat dalam segi transaksi, paparnya. Banyak kemudahan dan fasilitas yang ada di BNI dan itu akan sangat menunjang percepatan kemajuan masyarakat. Saat ini nasabah BNI bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja. Tentunya hal ini akan membuat waktu kita semakin efisien dalam segala hal transaksi, pungkasnya. (lil)

Mandala Mandala 525 525 Bisa Di dapat di Toko Obat, Apotik (Uncak Kapuas) dan Mini Market (Tita) Putussibau Atau Hub : Agen Tunggal

An. Wandi :

0852155155719

Travel

Rifki Melayani Antar Jemput Setiap Hari (15.00-16.00)

Badau-Putussibau-Pontianak Pontianak : Jl. Tani Makmur No.1C Kotabaru Telp. 081345307285 Putussibau : Jl. KS. Tubun No. 112 Telp. 08127268829 / 085659829539 Badau : Telp. 085750221976 / 082155155719 Melayani Angkutan penumpang, Carter Titipan Barang dan Dokumen

bumi daranante Kabupaten Sanggau Membangun Perhatikan PKL SANGGAU. Ketua DPC PBB Kabupaten Sanggau, Abang Indra, meminta kedepan Pemkab Sanggau, hendaknya lebih memerhatikan pemberdayaan terhadap pedagang kaki lima (PKL). Pasalnya, keberadaan PKL merupakan kekuatan ekoM KHUSYAIRI/EQUATOR nomi kerakyatan dan Abang Indra. hebatnya lagi tahan terhadap gempuran krisis ekonomi global. PKL ini tak bisa dipandang sebelah mata, mereka merupakan kekuatan ekonomi kerakyatan. Harapan kita, ke depan hendaknya Pemkab Sanggau lebih memerhatikan keberadaan para PKL ini, ungkapnya kepada Equator, kemarin. Pemberdayaan yang dimaksud Indra, yakni melalui berbagai cara di antaranya memberikan suntikan dana untuk penguatan modal dan pengadaan tempat yang representatif. Nah, ini yang mesti menjadi perhatian Pemkab Sanggau, diantaranya permodalan mereka. Lantas tempat atau lahan untuk mereka berjualan, tukasnya. Penguatan modal usaha kata Indra, bisa saja dilaksanakan atau dikucurkan melalui kredit lunak. Selain itu, untuk tempat atau lokasi, tentunya menjadi perhatian pemerintah, untuk membebaskan sebuah kawasan. Tentunya didukung dengan bangunan yang representatif. Jadi hal itu yang mesti menjadi perhatian pemerintah, dalam menggerakkan kekuatan ekonomi kerakyatan, di antaranya melalui pemberdayaan PKL, pungkasnya. (SrY)

PLN Bangun PLTGB di Tayan

Bupati Sanggau H Setiman H Sudin menggigit mandau merupakan bagian seremoni penyambutan, peletakan batu pertama pembangunan PLTGB di Tayan, Rabu (21/9). M KHUSYAIRI/EQUATOR SANGGAU. PT PLN serius membangun Pembangkit Listrik Tenaga GasiďŹ kasi Batubara (PLTGB) berkapasitas 6 Mega Watt (MW) di Kecamatan Tayan Hilir, Sanggau. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan PLTGB tersebut, oleh Operasional (Dir Op) PLN wilayah Indonesia Barat, Moch Harry Jaya Pahlawan dan Bupati Sanggau, Ir H Setiman H Sudin, Rabu (21/9). Pembangunan PLTGB ini, dik-

erjakan pihak swasta. Kita targetkan rampung 3 bulan ke depan. PLTGB Tayan ini, kita proyeksikan untuk memasok kebutuhan listrik di Tayan Hilir dan beberapa kecamatan lainnya, terang Moch Harry Jaya Pahlawan di Tayan, kemarin (23/9).Dipaparkan, salah satu keunggulan PLTGB dibanding PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel), masa pengadaannya yang relatif lebih cepat. Selain itu juga biaya produksi listriknya yang relatif lebih rendah. Ini

terjadi kemacetan. Apalagi, jika proses bongkar-muat barang sedang berlangsung, tutur Heri D, salah seorang warga kota Sanggau kepada Equator, kemarin.Pihaknya berharap, ada perhatian dari instansi terkait. Mencermati kondisi tersebut, paling tidak melakukan pengaturan dan penertiban. Harapan kita, ada pengaturan serta penertiban. Apalagi, jika ada proses bongkar-muat. Ruas jalan menjadi macet, tukasnya. (SrY)

terima kasih kepada Pemkab Sanggau, yang telah menghibahkan Genset berkapasitas 1 MW kepada PLN cabang Sanggau. Ini merupakan kerjasama yang baik. Kita sangat berterima kasih dengan Pemkab Sanggau. Demikian pula, pada pembangunan PLTGB ini, Pemkab Sanggau telah memberikan kemudahan perizinan, ujarnya. Bupati Sanggau Ir H Setiman H Sudin menyambut baik upaya yang dilaksanakan PLN tersebut. Kita sangat mendukung upaya-upaya PLN untuk mengatasi krisis listrik ini. Terlebih lagi bagi Tayan ini kawasan industri di Kabupaten Sanggau, pungkasnya. (SrY)

Kembangkan Karet Rakyat

Perlu Pengaturan SANGGAU. Beberapa jalur di kawasan pasar kota Sanggau, rawan mengalami kemacetan. Kondisi itu dipicu, karena kendaraan parkir tidak mematuhi ketentuan yang berlaku. Terlebih lagi kendaraan pengangkut berbagai barangbarang. Jalur rawan macet tersebut terletak di antaranya, pada ruas jalan Rowan menuju jalan Pangeran Mas dan jalan Kartini. Memang kendaraan parkir sembarangan. Makanya, rawan

merupakan kebijakan pemerintah, untuk mengatasi kekurangan daya listrik, timpalnya. Hadir dalam kesempatan itu, General Manager PT PLN Kalbar, Daniel S Bangun, Manager PLN cabang Sanggau, Ir Arif Pramudya, Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman MSi, dan berbagai komponen lainnya. Harry menambahkan, pembangunan pembangkit dengan kapasitas menengah ke bawah itu,

merupakan bentuk upaya PLN dalam meningkatkan rasio elektriďŹ kasi (RE) nasional di level provinsi yang diharapkan bisa mencapai 80 persen pada 2014 mendatang. Selain itu, untuk mendorong elektrifikasi khususnya di daerah-daerah terpencil di berbagai penjuru nusantara. Khususnya untuk Kabupaten Sanggau, dengan beroperasinya PLTGB Tayan ini, diharapkan kebutuhan listrik masyarakat dapat terpenuhi. Nah, secara statistic rasio eletrifikasi Kabupaten Sanggau saat ini 41,5 persen. Harapan kita dapat meningkat menjadi di atas 50 persen, tuturnya. Selain itu, Harry mengucapkan

Paolus Hadi SIP MSi. (M KHUSYAIRI/EQUATOR)

SANGGAU. Wakil Bupati Sanggau, Paolus Hadi SIP MSi meminta masyarakat di Bumi Dara Nante, untuk mengembangkan berkebun karet. Soalnya, komoditi tersebut, bakalan menjadi rebutan pada pangsa pasar dunia. Ini mesti menjadi perhatian masyarakat, untuk lebih mengembangkan penanaman karet. Ini komoditas tak mungkin tidak laku terjual. Bahkan, semakin hari akan semakin tinggi harganya, pinta Hadi, belum lama ini. Kendati demikian kata Hadi, tentu-

nya dengan tidak mengesampingkan, berbagai komoditas lain atau tanaman perkebunan dan pertanian lainnya. Utamanya karetlah. Tapi yang lain pun mesti menjadi perhatian masyarakat pula, jadi berbagai tanaman perkebunan dan pertanian bisa berkembang dengan signifikan, tuturnya.Karet menurut Hadi, bukan semata karena merupakan pohon peninggalan leluhur. Namun, secara ekonomis pun sekarang ini cukup menjanjikan. Selain itu, tentunya masyarakat bisa mengembangkan dan memperbesar lahan secara swadaya

dan swakelola. Soalnya, dalam melaksanakan perawatan tidak memerlukan biaya yang tinggi. Jadi masing-masing komoditas ini, ada kelebihannya. Yang jelasnya, intinya untuk peningkatan kehidupan dan perekonomian masyarakat, tegasnya. Terlepas dari itu kata Hadi, berbagai komoditas lainnya seperti perkebunan kelapa sawit dan berbagai lainnya, cukup membantu. Khususnya untuk peningkatan perekonomian di Kabupaten Sanggau beberapa waktu belakangan ini. (SrY)


14 

injeh karaja

PKL Pindah ke Pasar Tradisional NGABANG. Polisi Pamong Praja Kabupaten Landak meminta para pedagang kaki lima (PKL) pindah ke kios pasar tradisional terminal dan pasar rakyat. Pembangunannya rampung dibangun tahun ini. Dijadwalkan proyek anggaran Kementerian Perindustrian dan Perdagangan (Keperindag) RI itu harus selesai pada akhir Desember 2011. Dengan selesainya kedua pembangunan tersebut, diharapkan para PKL yang selama ini belum mempunyai kios bisa secepatnya pindah ke kios baru tersebut, kata Banda Kolaga, Kepala Satuan Pol PP Landak belum lama ini. Menurutnya, pembangunan pasar tradisional dan pembangunan kios tersebut merupakan solusi untuk memindahkan para PKL ke tempat yang layak. PKL yang belum memiliki tempat jualan yang layak supaya bisa membongkar sendiri lapaknya. Jangan sampai lapak-lapak para PKL tersebut dibongkar paksa Satpol PP. Jika ada bahan-bahan bangunan yang masih bisa digunakan pasca pembongkaran lapak, bisa saja bahan bangunan itu diambil oleh PKL itu sendiri. Tapi jangan pula para PKL malah membikin lapak baru. Pakailah bahan bangunan yang masih bisa digunakan itu untuk keperluan lain, tegas Banda. Jika kedua bangunan tersebut sudah selesai dikerjakan, tidak ada lagi PKL yang menjual barang dagangannya di kawasan Pasar Baru dan Pasar Laut Ngabang. Jadi di kawasan pasar tersebut semuanya harus bersih dari para PKL. Tidak ada alasan lagi para PKL untuk tidak mau membongkar lapaknya. Kalau tidak mau membongkarnya sendiri, Satpol PP yang akan membongkarnya secara paksa, tegasnya. Banda berharap pembangunan pasar tradisional dan pembangunan kios di pasar rakyat Ngabang bisa selesai pada akhir Desember. Apalagi jadwal tersebut sudah disepakati. Jika pembangunan tersebut bisa selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, ini merupakan suatu kenang-kenangan di akhir 2011. Sebab Pemkab Landak sendiri sudah bisa membangun tempat jualan yang layak bagi para PKL, ujarnya. (rie)

LO W O N G A N Kafe Rajawali Jln. Pemuda Dusun Tungkul Ngabang Landak membutuhkan tenaga kerja Wanita 10 orang Syarat: 1. Tamat SMP atau SMA 2. Umur 18-25 tahun 3. Rajin dan Jujur Surat lamaran diantar langsung ke Kafe Rajawali Ngabang atau Hubungi 081257721866 setiap jam kerja.

landak edo’ Sabtu, 24 September 2011

Membangun Negeri Intan

Dekranasda Landak Bina Perajin Tenun NGABANG. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Landak membina perajin tenun di Desa Saham, Kecamatan Sengah Temila. Kita sudah melakukan pembinaan kelompok perajin, termasuk tenun dan anyaman. Ke depannya kelompok ini akan dapat berkembang menjadi salah satu pendukung perkembangan tenun dan anyaman tersebut, kata Masda salah satu pengurus Dekranasda Landak, Jumat (23/9). Masda mengaku, tahun ini sudah melakukan pelatihan kepada 15 peserta dengan menghadirkan dua tenaga pelatih yang didatangkan dari Kabupaten Sintang. Ini merupakan upaya kita dalam rangka mendukung dan menggali serta mengangkat potensi yang dimiliki daerah kita. Apalagi daerah kita cukup kaya dengan berbagai potensi alamnya, ujar Masda yang juga Kepala Bidang Perindustrian Diskoperindag Landak. Menurutnya, sampai saat ini kelompok tenun tersebut secara terus menerus melakukan kegiatan di bawah bimbin-

gan Dekranasda Landak. Diharapkan akan mampu memberikan hasil yang memuaskan. Meskipun kelompok perajin tersebut masih dalam tahap belajar, namun saya optimis kemampuan dan keterampilan kelompok tersebut mampu memproduksi kain tenun khas Kalimantan, khususnya Kabupaten Landak, ungkap Masda. Ia mengatakan, sekilas hasil tenun sudah bagus. Namun kalau diteliti masih belum rapi. Jadi wajar saja, karena baru dalam tahap belajar. Itupun sudah mampu menghasilkan tenun yang cukup bagus, papar Masda Untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam kelompok tenun di Desa Saham, Dekransda kembali akan melakukan pelatihan. Diperkirakan akan dilaksanakan awal Oktober 2011 mendatang. Untuk pelatihan yang akan kita laksanakan nanti ini akan lebih ramai lagi. Karena akan dilakukan pelatihan anyaman, kata Masda. Pelatihan anyaman sudah dilakukan beberapa kali. Bahkan sudah dilakukan di setiap kecamatan. (rie)

IST

Landak Kekurangan 2000 PNS NGABANG. Kabupaten Landak masih kekurangan 2.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemerintah Kabupaten sudah selesai mengkaji kebutuhan CPNS. Untuk sekarang ini kita sedang mengolah berapa kebutuhan CPNS seluruh instansi yang ada di lingkungan Pemkab Landak. Kita masih kekurangan PNS sekitar 2000 orang. Untuk saat ini kita

baru mempunyai PNS sebanyak 5.282 orang dan CPNS sebanyak 300-an orang serta ada juga tenaga kontrak. Tapi jumlah itu masih sangat kurang, kata Marcos Lahiran, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Landak, belum lama ini. Menurutnya, dibentuknya tim pengkajian kebutuhan CPNS tersebut sehubungan dengan

adanya moratorium penghentian penerimaan CPNS yang dikeluarkan pemerintah pusat. Untuk saat ini tim tersebut tengah melakukan evaluasi terhadap hasil kajian yang mereka lakukan. Pengkajian ini sudah selesai kita lakukan. Kami tinggal mengevaluasi hasil pengkajian kebutuhan CPNS di Landak. Apakah hasil kerja tim ini sudah

sesuai dengan surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) RI, ujar Marcos. Ia mengungkapkan, dalam surat Menpan RI itu ada disebutkan rumus-rumus untuk menentukan berapa kebutuhan CPNS pada setiap instansi pemerintah. Berdasarkan hasil rumusan yang dibuat itu, nantinya akan bisa mengetahui berapa kebutuhan

CPNS di Pemkab Landak. Sampai saat ini belum diketahui apakah Landak termasuk kabupaten yang terkena moratorium atau tidak. Sebab sampai saat ini Pemkab Landak belum dipanggil oleh Kemenpan RI. Yang jelas kita sudah mengirimkan surat permohonan penambahan CPNS ke Menpan RI pada bulan Mei lalu, tegas Marcos. (rie)

Polantas Bagikan Helm Gratis NGABANG. Polisi Lalu Lintas (Polantas) di jajaran Kepolisian Resor Landak membagi-bagi helm tipe standar secara gratis kepada masyarakat serta kupon pengisian premium. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun satuan lalu lintas ke 65 tahun, kata AKP Damianus, Kepala Satlantas Polres Landak,

Jumat (23/9). Menurutnya, peringatan HUT Sat Lantas kali ini, selain membagikan helm, juga membagikan premium atau bensin gratis sebanyak dua liter kepada 50 kendaraan masyarakat yang kebetulan melintasi depan Pos Lantas. Masyarakat kami libatkan pada acara ini. Selain itu kami juga mengundang persatuan

(club) motor yang ada di kota Ngabang, ujar Damianus. Sambil bagi helm gratis, Polantas juga memberikan penyuluhan tertib berlalu lintas. Masyarakat diimbau untuk saat berkendara selalu melengkapi diri dengan membawa SIM, STNK dan BPKB serta menggunakan kelengkapan, baik untuk kendaraan maupun si pengendara, seperti helm.

Kami berharap melalui kegiatan sederhana ini disertai dengan penyuluhan dan imbauan tertib lalu lintas, maka masyarakat pengguna kendaraan lebih memahami pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas, kata Damianus. Ia mengaku akan selalu siap melayani masyarakat dalam tertib berlalu lintas. Dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakuan

pernertiban, termasuk merazia mereka yang menggunakan knalpot racing. Masyarakat mestinya lebih mementingkan keselamatan bersama, berhati-hati dan tetap mematuhi rambu-rambu. Dngan demikian, diharapkan pula dapat meminimalkan terjadinya kecelakaan di jalan raya, tegas Damianus. (rie)

bumi lawang kuari 

balai betomu

Jangan Buang Sampah di Tepi Sungai SEKADAU. Kepala kantor Lingkungan hidup dan Pertamanan Kabupaten Sekadau, Agustinus Agus SH menegaskan, jangan buang sampah di tepi sungai, karena jika musim kemarau pemandangan kurang enak serta bau yang tidak sedap. Saya meminta agar masyarakat yang tinggal di tepi sungai diharapkan jangan membuang sampah di tepi sungai. Seharusnya jika kemarau tepi sungai lebih enak untuk tempat jalan-jalan sore sambil menyaksikan suasana pantai. Tapi kalau pinggir pantai dipenuhi sampah, jangankan mau jalan-jalan, melihat saja sudah kurang enak, ungkapnya beberapa waktu lalu. Seharusnya, tambah dia, daerah aliran sungai harus terus dijaga kelestariannya, karena dampak dari semua itu adalah manusia juga yang merasakan, misalnya tanah mudah longsor. Apabila kayu-kayu sebagai serapan air sudah tidak ada lagi. Untuk menjaga semua ekosisten dan kelestarian daerah aliran sungai adalah tanggungjawab bersama, ucapnya. (tar)

Targetkan Swasembada Pangan 2013 SEKADAU. Untuk meningkatkan produksi padi guna mencapai target swasembada beras tahun 2013, Dinas Pertanian dan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sekadau akan mengadakan cetak sawah seluas 251 hektar di tahun 2011 ini. Demikian diungkapkan Kadis Pertanian dan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sekadau, Adrianto Gondokusumo kepada Equator, belum lama ini. Sesuai dengan keinginan bupati Sekadau, untuk menargetkan tahun 2013 kita swasembada beras, makam tahun ini akan meningkatkan cetak sawah seluas 251 hektar, yang mana saat ini sedang dalam proses persiapan untuk lelang, ungkapnya. Untuk mendukung target swasembada itu, Distanak juga akan memberikan bantuan berupa 20 unit traktor tangan kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) seiring dengan pemberian bantuan langsung benih unggul dan bantuan langsung pupuk. Sebagai penunjang guna mencapai target, pihaknya menggalakkan pembuatan jaringan irigasi tingkat usaha tani (Jitut), jaringan irigasi desa (Jides), dan Jalan Usaha Tani (JUT) masuk dalam program tahun ini, terangnya. (tar)

Parkir Tak Wajib Bayar SEKADAU. Pihak pengelola parkir di Kota Sekadau tak mau dikambinghitamkan, terkait masih belum adanya pendapatan daerah dari sektor retribusi jasa parkir. Pengelolaan parkir yang sudah berjalan sekarang hanya untuk penertiban saja. Hanya untuk menertibkan kendaraan saja, ujar Saharudin SAg, anggota DPRD Sekadau yang mengaku sebagai koordinator petugas parkir di Kota Sekadau kepada Equator, kemarin. Istilah penertiban yang dimaksud Sahar adalah mengatur agar kendaraan milik masyarakat tidak semrawut. Petugas-petugas parkirlah yang akan menata hingga kendaraan milik masyarakat bisa diparkir di tempat yang aman dan tidak mengganggu kendaraan lain yang melintas. Soal pembayarannya, tidak wajib. Kalau pemilik kendaraan membayar diambil, kalau tidak pun, petugas tidak akan memaksa, katanya. Pengelolaan parkir di Kota Sekadau dikoordinatori oleh PT Mahira Warsa. Dari data perusahaan, diketahui direktur perusahaan ini adalah Zainal Abidiansyah yang masih mempunyai ikatan darah dengan Sahar. Soal pengelolaan parkir ini, Sahar mengaku sudah mendapat restu dari pemerintah daerah.

Perusahaan ini memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang ditandatangani Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sekadau, serta memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Izin Undang-undang Gangguan yang ditandatangani Camat Sekadau Hilir. SIUP dan SITU-nya lengkap, ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu sembari menunjukkan fotokopi surat tersebut kepada sejumlah wartawan. Selama ini, Pemkab Sekadau mengaku belum mendapatkan pendapatan apa pun dari sektor parkir. Mereka beralasan setoran belum bisa dipungut karena belum ada regulasi atau Perda yang mengaturnya. Kalau pun sudah ada Perda, tidak bisa diberlakukan pungutan parkir secara serta-merta. Makanya kita mengelolanya untuk sosialisasi. Nanti kalau sudah ada Perda, kita juga akan mengarah untuk kerja sama dengan asuransi agar masyarakat yang parkir lebih merasa aman, pungkas Sahar. Sekretaris Komisi C DPRD Sekadau, Albertus Pinus membenarkan jika regulasi yang mengatur soal retribusi jasa parkir di Kabupaten Sekadau masih belum ada. Payung hukumnya baru mau dibahas, kata Pinus. (bdu)

Petugas parkir di salah satu kawasan komersial di Sekadau, Inzet : Saharudin.

Abdu Syukri/Equator

Berkas APBD-P Lamban, DPRD Surati Eksekutif SEKADAU. Pemkab Sekadau berencana mengusulkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) pada tahun ini. Sayangnya, hingga sekarang berkas usulan APBD-P tersebut belum diserahkan ke DPRD. Kita sudah menyurati eksekutif soal APBD-P ini, kata Aloisiyus SH MSi, Ketua DPRD Sekadau menjawab Equator usai rapat paripurna di kantor DPRD Sekadau, Jumat (23/9) pagi. Aloy memang tidak menyebutkan nomor surat maupun kapan surat itu dikirimkan. Namun yang pasti, dalam surat tersebut

mereka menyinggung soal lambannya eksekutif menyerahkan berkas APBD-P. Surat itu sudah kita kirimkan. Isinya, kita meminta agar eksekutif segera menyerahkan berkas APBD-P, ujar Aloy. APBD-P merupakan hal yang sangat penting demi pembangunan daerah Sekadau. Jika ada item-item pembangunan yang belum tertampung pada APBD murni, maka pada APBD-P item tersebut bisa dianggarkan kembali. Seperti pembahasan APBD murni, pembahasan APBD-P dimulai dengan pengusulan ber-

Aloysius

Abdu Syukri/Equator

kasnya oleh eksekutif ke legislatif. Setelah diusulkan, berkas APBD-P tersebut akan dibahas secara bersama-sama oleh legislatif dan eksekutif. Setelah dibahas dan disetujui, berkas APBD-P akan dikirim ke Menteri Dalam Negeri. Tim anggaran dari Ke m e n t e r i a n D a l a m N e g e r i akan melakukan peninjauan terhadap APBD-P itu. Aloy berharap, berkas APBD-P bisa diserahkan ke DPRD dalam satu atau dua hari ini. Hal itu diperlukan agar berkas APBD-P tersebut bisa segera digodok oleh badan anggaran DPRD.

Harapan kita tanggal 20-han ini bisa masuk. Ke atas tanggal 27 bulan ini, imbuh politisi PDIPerjuangan itu. Untuk mempercepat pembahasan, dalam pengajuan nanti, eksekutif diharapkan bisa menyerahkan Kebijakan Umum Anggaran (KUA), Plafon Penggunaan Anggaran Sementara (PPAS), dan Nota Pengantar APBD-P secara berbarengan. Diserahkan bersama-sama tidak masalah. Tidak bertentangan dengan undang-undang. Kita juga berharap akhir Oktober tahun ini sudah bisa ketok palu, pungkas Aloy. (bdu)


15 

padah bertuah

Pengawasan Harus Maksimal S EBAGAI wakil rakyat, anggota DPRD harus memaksimalkan tugas dan fungsinya. Terutama, fungsi pengawasan yang benar-benar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Demikian ditegaskan Tokoh Masyarakat Kabupaten Kayong Utara, Hamdani Adeni BSc kepada Equator, baru-baru ini. Mantan anggota DPRD Provinsi Kalbar ini mengaku, dirinya mendengar kabar bahwa ada oknum dari anggota DPRD KKU memberikan surat ke kontraktor tertentu untuk mendapatkan paket pekerjaan di Dinas Pekerjaan Umum (PU) KKU. Jika kabar tersebut benar, menurutnya, hal tersebut sangat tidak etis sebagai wakil rakyat. Korwil Ormas Nasdem Ketapang dan KKU ini mengungkapkan, tugas dan pokok anggota Dewan di antaranya adalah fungsi anggaran (Budgetting) di mana bersama-sama dengan Badan Anggaran dari eksekutif menyusun dan menetapkan alokasi anggaran setiap tahunnya. Selain itu, juga ada fungsi legislasi yakni bersama-sama dengan eksekutif menetapkan sejumlah peraturan daerah yang menyangkut anggaran maupun hajat hidup masyarakat lainnya. Sedangkan fungsi yang terpenting adalah fungsi pengawasan. Di mana, dilanjutkan Adeni, DPRD harus benar-benar mampu mengawasi apakah penggunaan anggaran yang telah ditetapkan benar-benar dilaksanakan sesuai dengan perencanaan ataukah ada penyimpangan. (lud)

Wujudkan Keluarga Sehat, Maju dan Mandiri SUKADANA. Keluarga sebagai mitra kecil dalam masyarakat merupakan wahana yang pertama dan utama dalam penyesuaian nilai-nilai luhur bangsa, di mana manusia mengenal peradaban dunia. Keluarga juga berperan sangat besar dalam merencanakan nilai-nilai yang ada di masyarakat. Keluarga juga merupakan wahana pengendalian dan penyesuaian sosial bagi anggota-anggotanya dari ancaman yang berasal dari luar, baik yang bersifat ďŹ sik maupun non ďŹ sik, ungkap Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kayong Utara, Hj Diah Permata Hildi. Memahami peran sentral seperti itulah, maka gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) telah tampil sebagai gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, bertujuan untuk mewujudkan keluarga-keluarga sehat, maju dan mandiri. Gerakan PKK bahkan telah mampu mewujudkan perannya sebagai motivator dan dinamisator masyarakat agar setiap keluarga dapat menjadi institusi pembangunan yang andal, ujarnya. Selain itu, dikatakan Hj Diah, beragam cara juga dilakukan PKK Kabupaten Kayong Utara dalam menggencarkan budaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi warga Kayong Utara. PKK akan terus meningkatkan dengan optimal kegiatan yang dapat menunjang kinerja PKK termasuk mengikutsertakan pihak swasta untuk mempertajam perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. (lud)

geliat kayong utara

Sabtu, 24 September 2011

Kesehatan Modal Dasar Laksanakan Ibadah Haji Alumni Haji Gelar Halal Bihalal SUKADANA. Alumni Haji Kabupaten Kayong Utara belum lama ini menggelar acara halal bi halal di Masjid Agung Al Qudsi Sukadana. Hadir pada kegiatan itu Bupati Kayong Utara, H Hildi Hamid, Wakil Bupati, Ir H Muhammad Said, Sekda, H Hendri Siswanto, SSos dan sejumlah alumni haji lainnya. Acara yang diselenggarakan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Kayong Utara ini juga dihadiri sejumlah Calon Jemaah Haji (CJH) KKU yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Dalam kesempatan tersebut, Bupat i Kayong Utara mengatakan bahwa Pemkab Kayong Utara dengan segala keterbatasan senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada CJH KKU, baik sebelum berangkat ke tanah suci, ketika berada di tanah suci maupun ketika pulang kembali ke tanah air. Kepada seluruh CJH tahun 1432H/2011 M ini, Bupati menegaskan bahwa tidak ada mutasi jemaah ke kabupaten lain

atau rombongan lain, karena ini berdampak pada jemaah Kayong Utara lainnya yang hanya berjumlah 45 orang, dan pada saat pemberangkatan 19 Oktober nanti diharapkan seluruh jemaah haji dapat berangkat dan dilepas dari Sukadana ibu kota Kabupaten Kayong Utara. Selama dalam melaksanakan ibadah haji, Bupati juga mengingatkan kepada CJH untuk menjaga kesehatan, karena kesehatan merupakan modal dasar bagi CJH untuk dapat melaksanakan semua rangkaian kegiatan ibadah haji. Kemudian, perkokoh rasa ukhuwah Islamiyah terhadap sesama CJH, karena ibadah haji bukan semata-mata berhubungan antara manusia dengan Sang Pencipta, tetapi ibadah haji sarat dengan nilai-nilai sosial kemasyarakatan. Selain itu, hendaknya setiap CJH dapat memahami dan melaksanakan nilai-nilai baik yang tersirat maupun tersurat dari kegiatan ibadah haji, sehingga kembali ke daerah menjadi panutan bagi masyarakat. (lud)

Para Alumni Haji Kabupaten Kayong Utara saling bersalaman, usai melaksanakan acara halal bihalal di Masjid Agung Al Qudsi Sukadana. Kamiriludin/Equator

Turnamen Sepak Bola Meriahkan HUT RI SUKADANA. Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-66, Panitia dari Kecamatan Simpang Hilir menggelar open turnamen sepak bola di lapangan Gelora Rapa Desa Rantau Panjang, Senin (19/9). Secara resmi, open tournament dibuka Asisten Administrasi dan Umum Setda Kayong Utara, Ismail, S.Sos, M.Si yang dalam kesempatan ini dihadiri sejumlah jajaran pejabat di ling-

kungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara. Dalam arahannya, Asisten Administrasi dan Umum mengatakan pada tahun 2011 ini Kabupaten Kayong Utara memang cukup banyak kegiatan. Seperti pada HUT Pemda ke-4 beberapa waktu lalu, juga digelar open tournament sepak bola. Sepak bola merupakan olahraga yang memang mempunyai pengaruh besar dan dapat men-

gumpulkan masa cukup besar. Karenanya, kepada para pemain, wasit, dan penonton agar bisa menjaga keamanan dan tetap mengedepankan sportivitas bermain. Kita juga berharap jangan sampai terjadi kesalahan komunikasi sehingga dapat menghambat kesuksesan acara, ujarnya. Selanjutnya, dikarenakan kegiatan ini mengundang keramaian, untuk itu diharapkan agar tidak

mengganggu fasilitas umum seperti jalan. Ke depan, diharapkan pula untuk hal-hal yang berkaitan dengan mengumpulkan massa, Asisten Administrasi dan Umum ini mengingatkan hendaknya tetap berkoordinasi serta membuat rencana program kegiatan dihitung sesuai dengan kemampuan. Usai menyampaikan arahan dan membuka secara resmi open tournament, Asisten Ismail diikuti jajaran pejabat di

lingkungan Pemkab Kayong Utara menuju ke tengah lapangan sepak bola Gelora Rapa untuk menggunting tali balonbalon gas dan menendang bola pertama yang menandakan pertandingan dapat dimulai. Pada kegiatan open tournament tersebut diikuti sebanyak 83 klub. Untuk membuka pada laga pertandingan pertama ini berhadapan kesebelasan Dewan versus kesebelasan Kepala Desa se KKU. (lud)

kabupaten ketapang 

pempadahan

35 Ribu Hektar untuk Kembangkan Food Estate KETAPANG. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang, Syamsu Akhyar menegaskan Kabupaten Ketapang terus berupaya menjadikan Ketapang sebagai lumbung pangan dengan memberdayakan lahan-lahan potensial di lahan belum tergarap. Ia mengungkapkan adanya program menjadikan Kalimantan, khususnya Kabupaten Ketapang sebagai lumbung pangan. Program tersebut, kata dia, disebut food estate yang terintegrasi dalam satu kawasan baik padi, ternak, buah- buahan dalam satu kawasan. D i k a t a k a n ny a , u n t u k m e n j a d i k a n l a h a n produksi tanaman pangan luas lahan minimal lima ribu hektar. Untuk Ketapang dipersiapkan 35 ribu hektar meliputi Kecamatan Muara Pawan, Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan, Benua Kayong, dan Kendawangan yaitu desa Banjar Sari. Sedangkan kawasan Matan Hilir Utara dan Muara Pawan sekitar lima ribu hektar masih bisa dikembangkan. Demikian juga dengan Matan Hilir Selatan dan Benua Kayong yang ada sudah enam ribu hingga delapan ribu hektar, dan ini masih bisa dikembangkan, beber Syamsu Akhyar. Demikian pula dengan lahan di Desa Banjar Sari, Kecamatan Kendawangan sudah terbuka empat ribu hektar dan bisa dikembangkan pada sisi sebelahnya sekitar empat ribu hektar lagi. Luasnya lahan di Ketapang ini maka menjadi potensi yang menjanjikan untuk dijadikan lumbung pangan. Untuk menjadikan hal tersebut, tidak bisa semata-mata dilakukan dengan hanya mengandalkan modal pemerintah daerah semata-mata. Tetapi melibatkan investor untuk sama-sama membangun daerah ini di bidang pangan. Termasuk para investor yang dibawa oleh pak Rochmin yang juga mantan Menteri DKP. Ini sebagai langkah awal penjajakan ke lapangan, nanti akan ada tahapan selanjutnya, ungkapnya. Rombongan Rochmin diterima Bupati Ketapang, Henrikus, di kompleks kebun dan lahan pertanian keluarga di Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan. Selain melihat kebun dan kolam ikan air tawar yang dibuat keluarga Bupati untuk percontohan kepada masyarakat setempat. Mengendarai motor, rombongan melihat langsung luasnya potensi lahan yang bisa digarap. Bupati menjelaskan kepada rombongan soal pemberdayaan potensi lahan yang luas dan terbuka untuk digarap. Setelah melihat potensi lahan yang dapat digarap untuk pertanian, agrobisnis, peternakan, dan perikanan tersebut, Bupati Ketapang kembali mendampingi rombongan ke Desa Sukamaju, Kecamatan Muara Pawan. Bupatinya sangat kondusif, artinya sangat probisnis dan welcome terhadap investasi, ucap Rochmin. (KiA)

312 Desa di Kalbar Masuk Kawasan Hutan KETAPANG. Perwakilan dari Yayasan Palung Ketapang, Desi, mengatakan di Kalbar terdapat sedikitnya 312 desa yang masuk dalam kawasan hutan, baik hutan lindung, hutan produksi, hutan produksi tetap dan hutan produksi konversi. Sebanyak 43 desa yang masuk kawasan hutan berada di Ketapang dan KKU. Ia mengatakan dalam kesempatan kunjungan Menteri kehutanan Zulkii Hasan pada 12 April 2010 lalu ketika menghadiri workshop Hutan Desa sebagai wujud implementasi

REDD (Reducing Emissions from. Deforestation and Degradation) yang diselenggarakan Fauna dan Flaora Internasional (FFI) di Hotel Santika Pontianak, ada 10 desa yang bergerak untuk mengajukan hutan desa, sembilan desa dari Kabupaten Ketapang dan satu desa dari Kabupaten Kayong Utara. Adapun 10 desa tersebut seperti Desa Sebadak Raya kecamatan Tayap, Desa Beringin Rayo kecamatan Tumbang Titi, Desa Tanjung Bulang kecamatan Tumbang Titi, Desa Petebang Jaya kecamatan Tumbang Titi,

Desa Rangga Intan Kecamtan Jelai Hulu,Desa Pematang Gadung Kecamatan Matan Hilir Selatan, Desa Sui Besar Kecamatan Matan Hilir Selatan, Desa Sui. Pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan, Desa Laman Satong Kecamatan Matan Hilir Utara, Desa Riam Berasap Jaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Ketapang. Menurutnya, apapun yang dilakukan untuk percepatan adanya legalisasi hutan desa di tanah kayong, prosedur yang seharusnya mesti dijalankan. Namun untuk percepatan ini tentu sangat tergantung dengan niat

dan keinginan tiap-tiap daerah atau kabupaten bersangkutan menjadikan hutan desa sebagai bentuk pengelolaan hutan-hutan di daerah mereka. Kami menilai, Bupati sebagai kepala daerah menjadi kunci adanya suatu pengakuan atau penetapan atas suatu kawasan menjadi areal hutan desa, katanya. Ia mengungkapkan Dephut-RI pada 2010 menetapkan target hutan desa seluas 100 ribu hektar. Diharapkan 2014 akan dicapai 500 ribu hektar untuk seluruh Indonesia. Namun saat

ini sampai dengan Januari 2010 baru ada sekitar 10.310 hektar yang terealisasi, yaitu untuk wilayah Kabupaten Bungo Jambi seluas 2.356 hektar, Kabupaten Bantaeng Sumsel seluas 704 hektar dan Kabupaten Musi Banyuasin Sumatra Selatan seluas 7.250 hektar. Akan menjadi suatu pertanyaan apakah Kalbar, akan menyusul ketiga propinsi ini mendapatkan pengakuan atas hutan desa. Kita akan menunggu niat baik dari dua pemerintah daerah, Ketapang dan KKU, ujarnya. (KiA)

Ospek Sarana Tangkal Terorisme Pembekalan Wawasan Kebangsaan KETAPANG. Trend terorisme yang menyusup ke dunia kampus sangat dikhawatirkan sejumlah pihak. Untuk mencegah masuk dan berkembangnya terorisme, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) AMKI memanfaatkan ajang Ospek untuk meningkatkan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru. Teroris masuk kampus menjadi isu utama dalam Ospek kali ini. Kita berupaya mencegahnya dengan memberikan materi tentang wawasan kebangsaan. Jangan sampai mahasiswa terpengaruh dengan paham-paham yang merusak, kata Zulfahmi, Presiden Mahasiswa AMKI Ketapang ditemui di sela-sela hari pertama pelaksanaan Ospek, kemarin. Dikatakannya, dengan pemahaman wawasan kebangsaan yang baik diharapkan kader-kader intelektual tersebut nantinya tak terjebak pada sekat-sekat yang bercorak sektarian. Lebih lanjut, akan dapat menerima perbedaan sebagai sesuatu yang alamiah. Tidak semua kampus memerhatikan hal-hal yang terkesan

Kiram Akbar/Equator

Mahasiswa baru Akademi Manajemen Komputer Indonesia (AMKI) Ketapang mulai melaksanakan Ospek dengan berbagai atribut yang unik.

kecil seperti itu. Kita menolak kekerasan, terangnya. Hal senada juga diungkapkan Ketua Panitia Ospek, Nong Moses. Ia mengatakan praktikpraktik kekerasan ďŹ sik di dalam Ospek tak akan terjadi. Kalaupun ada, hanya bersifat instruksi dari mentor maupun panitia yang masih dalam tahap toleransi. Dijadwalkan Ospek akan digelar selama tiga hari, mulai 23-25 September. Dikatakannya, selain sebagai upaya pencegahan teroris ma-

suk kampus, Ospek kali ini juga menekankan mental, intelektual dan kedisiplinan. Bagaimana mahasiswa diajar untuk mengontrol emosi. Pengenalan terhadap kampus juga diberikan kepada mahasiswa baru. Kita juga berharap seorang mahasiswa tidak hanya pintar di kampus tapi tidak dapat berbuat apa-apa. Tapi lebih pada berpikir kreatif dan inovatif, terangnya. Hal itu tampak dari atributatribut yang dikenakan para peserta. Menurut dia, sepintas

atribut-atribut tersebut terkesan konyol. Tapi sebenarnya atribut tersebut bertujuan agar mahasiswa nantinya lebih kreatif. Tak hanya menimba ilmu di kampus, tapi juga dapat mengembangkan ilmu yang didapatnya bermanfaat bagi banyak orang. Salah seorang peserta Ospek, Ria Cipriana, mengaku senang dapat mengikuti kegiatan tersebut. Meski letih membuat atribut Ospek, ia senang dapat bertemu teman-teman baru. Mahasiswi berkulit putih itu bahkan men-

gaku tak canggung mengenakan atribut sepulangnya dari Ospek. Capek tapi senang karena dapat bertemu teman. Dengan Ospek juga saya dapat lebih mengenal kampus, tuturnya. Pada hari pertama kemarin, seluruh mahasiwa baru 101 orang hadir. Acara dimulai sejak pukul 05.30-17.00. Di hari pertama itu, kegiatan baru sebatas baris berbaris. Sedangkan pemberian materi dijadwalkan hari ini. (KiA/PK)


Kom.Bisnis

Mungkinkah Lahir Lagi Parti Dayak?

KUALA LUMPUR, Rabu (21/9) Mungkinkah sebuah parti berasaskan kaum Dayak, mengalami nasib yang pernah menimpa sebuah parti lain suatu ketika dulu apabila para pemimpinnya yang dikenakan tindakan tatatertib, mengangkat kaki dan menubuhkan parti baru? Perhatian kini bertumpu pada Parti Demokratik Progresif Sarawak (SPDP) berikutan tindakan presidennya Tan Sri William Mawan merujuk lapan pemimpin parti itu kepada jawatankuasa disiplin kerana mereka sering tidak menghadiri mesyuarat majlis tertinggi. Mereka ialah naib presiden kanan Datuk Peter Nansian, naib presiden Sylvester Entrie Muran dan anggota majlis tertinggi Datuk Dr Tiki Lafe, Paulus Gumbang, Rosey Yunus, Peter Gani, George Garai dan Eda Igar. Entrie adalah Menteri Muda Kemudahan Awam negeri, yang juga Anggota Dewan Undangan Negeri (Adun) kawasan Marudi, Dr Tiki Anggota Parlimen Mas Gading, Gumbang Adun Batu Danau dan Rosey Adun Bekenu. Jawatankuasa disiplin SPDP, yang dipengerusikan Prof Dr Shafiq Abdullah, diberi masa 30 hari untuk menyiasat kenapa lapan pemimpin itu sering tidak menghadiri mesyuarat dan mengemukakan laporannya kepada majlis tertinggi. Ramai penganalisis politik percaya SPDP, sebuah parti komponen Barisan Nasional (BN), akan mengalami perpecahan dan membawa kepada lahirnya sebuah parti politik baru berasaskan kaum Dayak. “Selalunya, ia bermula dengan tindakan disiplin, diikuti pemecatan atau perbuatan keluar parti yang membawa kepada kelahiran parti baru,” kata Dr Jeniri Amir dari Universiti Malaysia Sarawak. Beliau berkata Parti Bansa Dayak Sarawak (PBDS), yang kini telah berkubur, lahir daripada perpecahan yang melanda Parti Nasional Sarawak (SNAP), manakala Parti Rakyat Sarawak pula muncul akibat perebutan jawatan dalam PBDS. “Begitu juga halnya dengan SPDP, yang ditubuhkan berikutan perbalahan yang melanda SNAP. Ada kemungkinan, sejarah akan berulang,” kata Jeniri. PBDS ditubuhkan pada 1983 oleh Datuk Amar (kini Tan Sri) Dr Leo Moggie setelah beliau meninggalkan SNAP. Bagaimanapun, parti ini dibubarkan berikutan krisis dalaman dan membawa kepada pembatalan pendaftarannya pada Disember 2003. Selepas itu, Parti Rakyat Sarawak, yang diketuai Tan Sri Dr James Jemut Masing, pula ditubuhkan, manakala SPDP diasaskan oleh kumpulan yang memihak kepada Tan Sri William Mawan berikutan pembatalan pendaftaran SNAP pada November 2002. “Sekiranya SPDP bermasalah, sebuah parti baru akan muncul. Oleh itu, Mawan perlu berhati-hati kerana para pemimpin kanan parti ini juga mempunyai penyokong sendiri,” kata Jeniri. Seorang lagi penganalisis politik dari universiti sama Dr Awang Azman Awang Pawi pula berkata Mawan adalah naib presiden SNAP ketika presiden parti berkenaan ketika itu Datuk Amar James Wong memecat beliau dan beberapa pemimpin lain kerana didakwa menyebabkan berlaku perpecahan dalam SNAP. “Kejadian pada 2002 ini menyebabkan parti berusia 41 tahun itu dibatalkan pendaftarannya. Bagaimanapun, pada 2010 mahkamah mengisytiharkan pembatalan pendaftaran SNAP adalah tidak sah dan tidak terpakai. “Ada kemungkinan SPDP juga akan mengalami nasib seperti SNAP,” katanya. Sumber dalaman parti itu berkata krisis dalam SPDP wujud sejak dua tahun lepas walaupun pada Julai tahun ini percubaan dibuat untuk menyelesaikan perbalahan dalam kalangan pihak terbabit. Ini berlaku apabila Mawan, yang juga Menteri Pembangunan Sosial dan Urbanisasi Sarawak, mengadakan perjumpaan dengan Nansian dan Entrie. Krisis dalaman itu mengakibatkan SPDP kehilangan kerusi Krian dan Ba’Kelalan pada pilihan raya negeri pada 16 April. “Walaupun keadaan kelihatan bertambah baik selepas itu, tetapi ia kembali panas apabila Mawan mengumumkan secara terbuka beliau akan menggunakan kuasanya sebagai presiden untuk mengambil tindakan terhadap mereka yang menimbulkan keadaan berpuak-puak dalam parti itu. “Walaupun beliau tidak menyebut nama, tapi memang jelas siapa yang beliau maksudkan,” kata seorang anggota parti. Anggota itu berkata Mawan tahu bahawa sesetengah penyokong pemimpin terbabit menuntut sama ada sebuah parti baru yang mesra BN ditubuhkan atau Mawan dicabar pada pemilihan parti akan datang. Ramai pembaca berpendapat sebuah parti baru akan ditubuhkan berikutan laporan akhbar tempatan bahawa Pendaftar Pertubuhan mengesahkan pihaknya menerima empat permohonan untuk mendaftarkan parti baru, satu daripadanya dikatakan mempunyai kaitan dengan beberapa anggota SPDP. (BERNAMA)

Kontraktor Jalan SekadauSanggau Diminta Koordinasi

Harison. ABDU SYUKRI/EQUATOR

SEKADAU. Kontraktor proyek perbaikan dan pelebaran Jalan Sekadau-Sanggau, diminta untuk berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sekadau dalam proses pengerjaan proyek itu. Hal tersebut diperlukan agar proses pelaksanaan pekerjaan tidak menimbulkan kerusakan pada bangunan asset Pemkab yang ada sekarang. “Jangan sampai proses penggalian drainase (saluran pengendali banjir, red) jalan itu justru merusakkan pipa-pipa PDAM yang sudah dibangun menggunakan APBD Sekadau,” tegas Harison, Sekretaris Komisi B DPRD Sekadau kepada wartawan, kemarin. Penegasan Harison ini perlu dipertimbangkan pihak pengerja proyek jalan tersebut. “Sebab kalau terjadi kerusakan, Pemkab Sekadau yang akan rugi, harus membangun kembali,” katanya. Tak hanya dengan PU, pihak pelaksana proyek tersebut juga diminta berkoordinasi dengan pihak PLN maupun PT Telkom. “Banyak kabel telepon maupun tiang-tiang listrik yang terancam terkena proyek pelebaran jalan itu,” tukasnya. (bdu)

Sabtu, 24 September 2011

Tarif 450 VA Tak Naik

16

Alokasi Subsidi Listrik 2012

JAKARTA. Pemerintah terus mematangkan rencana kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) pada 2012. Khusus untuk pelanggan listrik yang masuk kategori kurang mampu, pemerintah berjanji tidak menaikkan TTL. Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Djarman mengatakan, dalam rencana anggaran dan pendapatan belanja negara (RAPBN) 2012, pemerintah memang sudah menyusun skema kenaikan TTL tanpa mengikutkan pelanggan kecil dengan daya 450 volt ampere (VA). Untuk itu, pemerintah mengalokasi subsidi pelanggan 450 VA sebesar Rp18,55 triliun, ujarnya, kemarin. Menurut Djarman, subsidi tersebut dialokasikan untuk lima jenis pelanggan dengan daya 450 VA. Yakni, pelanggan sektor sosial, pelanggan rumah tangga, pelanggan bisnis, pelanggan industri, dan pelanggan dari sektor pemerintahan. Tetapi, subsidi terbesar untuk pelanggan 450 VA tetap diserap oleh pelanggan rumah tangga, katanya. Data Kementerian ESDM menunjukkan, di antara total alokasi subsidi Rp 18,55 triliun untuk pelanggan 450 VA, Rp18,28 triliun diserap oleh pelanggan rumah tangga. Jumlahnya 19,70 juta pelanggan. Sisanya, 563 ribu pelanggan sosial, menyerap Rp5,36 miliar, 333 ribu pelanggan bisnis me-

nyerap Rp256,39 miliar, 157 pelanggan industri menyerap Rp100 juta, dan 15 ribu pelanggan pemerintahan menyerap Rp12,40 miliar. Artinya, alokasi subsidi sudah tepat. Sebab, porsi terbesarnya diserap oleh pelanggan kecil rumah tangga atau masyarakat yang kurang mampu, terang Djarman. Setiap tahun porsi terbesar subsidi listrik memang diserap oleh pelanggan rumah tangga kecil dengan daya 450 VA. Pada 2010, 19,5 juta pelanggan rumah tangga 450 VA menyerap subsidi Rp14,00 triliun. Pada tahun ini, 19,6 juta pelanggan rumah tangga 450 VA diprediksi menyerap subsidi hingga Rp18,93 triliun. Kementerian ESDM juga memetakan peranan pelanggan rumah tangga kecil 450 VA dalam sektor kelistrikan nasional. Pada 2012 jumlah pelanggan rumah tangga 450 VA diperkirakan mencapai 19,71 juta atau 45,0 persen di antara total jumlah pelanggan PLN yang sebanyak 43,78 juta. Dari pelanggan kelompok ini, PLN akan meraup pendapatan Rp9,68 triliun atau 7,1 persen di antara total pendapatan PLN yang diprediksi Rp135,56 triliun. Dari alokasi subsidi, pelanggan kelompok tersebut menyerap Rp18,28 triliun atau 45,2 persen di antara total subsidi berjalan yang diterima PLN sebesar Rp40,45 triliun. (owi/c8/kim/jpnn)

Siswi ilmu kelistrikan dari negeri Sakura (Jepang), Akiko ini mengaku heran dengan Indonesia yang mendapat sinar matahari sepanjang tahun walaupun di musim hujan, namun warganya kurang mengembangkan listrik tenaga surya murah skala rumah tangga. REPRO: FUKUSHIMA DISASTER

Yamaha R1 Terbaru Lebih Canggih Yamaha YZF-R1 menghadapi musuhmusuh superbike-nya dengan fitur terbaru, keselamatan. Produsen motor asal Jepang lantas mengeluarkan Yamaha YZFR1 2012 (dirilis Oktober 2011) dengan tambahan traction control system (TCS). Fitur itu program motor balap MotoGP. Menawarkan 7 level kontrol traksi. Total ada 21 setingan diperoleh jika dikombinasikan dengan sistem Drive Mode-nya. Fitur itu memudahkan pengendara mengendarai motor besar asal Jepang itu. Fitur seharga USD 400 ini pastinya menambah mahal R1. Model standar dengan warna hitam dan warna tradisional (biru/putih) dijual seharga USD 13.990. Untuk striping 50 Tahun MotoGP, dijual seharga USD 14.490. Motor dengan striping MotoGP hanya diproduksi 2.000 unit saja di seluruh dunia.

Ini motor Yamaha YZF-R1 versi 2010, sedangkan versi 2012 makin canggih dengan tambahan TCS. REPRO: WORLD YAMAHA

Dikutip motorcycle, Senin (19/9) motor itu mulai berada di diler-diler Yamaha di Indonesia. Direncanakan Oktober boleh dipasarkan. Namun motor tersebut bakal semakin bagus berkat penambahan striping World Grand Prix 50th Anniversary atau 50 tahun keikutsertaan Yamaha di ajang balap Grand Prix. Improvement lain, mengubah fairing hingga head lamp dan LED. Memperkental aura sporty, Yamaha menyematkan knalpot terbaru. Dipastikan kehadiran Yamaha YZF-R1 2012 harus diwaspadai Honda dengan CBR 1000RR-nya. Sebab secara kemampuan Yamaha YZF-R1 2012 menyamai CBR 1000RR. Yamaha YZF-R1 2012 diperkuat mesin 998 cc 4 silinder DOHC, mampu lahirkan tenaga 179,6 Hp pada 12.500 rpm dan torsi puncak 98,4 Nm. (lam/biz)

Yamaha Vega ZR 2011 Murah Meriah

Yamaha Vega ZR 2011 dipajang di salah satu sudut booth Yamaha di arena PRJ 2011, beberapa pekan lalu. REPRO: DAPURPACU.COM

Pameran rakyat dihelat 9 Juni-10 Juli silam, tepatnya di di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2011dimanfaatkan Yamaha untuk memperkenalkan tampilan baru sepeda motor entry level. Paras baru mulai terlihat pada desain striping yang lebih agresif dan dinamis. Selain itu lampu belakang turut disegarkan, terlihat lebih sportif. Serta tambahan warna baru, hijau. Sentuhan baru juga diperlihatkan pada speedometer yang menampilkan indikator gear-position. Berarti di kelas low-end Vega ZR 2011 merupakan satu-satunya moped yang menggunakan fitur ini. Perihal harga, sepeda motor ini, harga tidak berubah, tetap Rp 11,98 juta (on the road at Jakarta). Padahal di beberapa bagian ada perubahan signifikan. Sementara urusan mesin, Vega ZR baru ini tetap mengusung jeroan berkapasitas 113,7 cc 4-tak, air cooled, SOHC bertenaga 6 kW pada 7.500 rpm dan torsi puncak 8.3 Nm di 4.500 rpm. (dp/wyu/jp)

Smartphone Bikin Atiqah Sering Dimarahi Ibu Keberadaan smartphone (telepon pintar) memudahkan banyak orang dalam beraktivitas. Bahkan aktris berbakat Atiqah Hasiholan sangat ketergantungan padanya. Iya, saya ketergantungan karena semua orang pakai. Memang memudahkan saya berkomunikasi dengan orang lain, tuturnya ketika ditemui di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Menurutnya, itu hal yang wajar. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan smartphone, terutama menyangkut pekerjaan. Smartphone sangat membantu kehidupan sosial saya, terutama untuk pekerjaan. Job-job banyak dapat dari sini (memegang blackberry-nya). Semua orang butuh komunikasi, itu sudah menjadi bagian hidup, katanya. Saking ketergantungannya pada smartphone, perempuan berusia 29 tahun itu sering dimarahi ibunya. Maklum, putri pasangan Achmad Fahmy Alhady dan Ratna Sarumpaet itu, kerap tidak mempedulikan keadaan sekitar karena terlalu asyik dengan smartphone-nya. Kini, dia tengah berusaha menghilangkan sifat autisnya tersebut. Pertama kali punya smartphone terlalu fokus, nggak bisa lepas dari tangan. Saya sempat autis, dan nyokap sampai marah-marah karena kalau diajak ngomong nyokap, saya sering cuekin. Jadi saya sering dimarahi nyokap, ungkap bintang film Jamila dan Sang Presiden itu yang kemudian tertawa. Membantu banget kehidupan sosial kita, terutama untuk pekerjaan, job-job banyak dapet dari sini, semua orang butuh komunikasi, itu udah menjadi bagian hidup, papar kekasih Rio Dewanto itu. Menurutnya, pekerjaan yang datang tak lain karena andil dari ponsel canggihnya itu. Atiqah mengakui jika handphone sudah menjadi kebutuhan primer. Bahkan ia berujar jika hal itu sudah bagian hidupnya. (ash/jpnn)

Artis termasyhur Atiqah Hasiholan jumpa media di salah satu vendor telekomunikasi di Jakarta, belum lama ini. REPRO: KAPANLAGI.COM


Harian Equator 24 September 2011