Page 1


CONTENTS NOVEMBER 2011 // VOLUME 08 // HAPPEN 88

SPOT SEEKER Lucky Line Skatepark, Bandung 16 SEQUENCE Bobby Korea // Bs Kickflip 18 COMPETITION Billabong City Squared Indo, Jakarta 22 IOXC, Palembang 24 Surabaya Skateboarding Competition, Surabaya 26 ARTICLES What’s my score again? 20 Highlight: Edo Gawat 28 Trip: Concrete Jungle Off We Go! 38 TRICKS AND TIPS Firdaus // Fakie Bs 360 Ollie 52 10 QUESTIONS Jaka 54

Happen Skateboarding Magazine diterbitkan satu kali perbulan dan dibagikan secara cuma-cuma (Gratis) demi sebuah dedikasi kepada dunia skateboarding. Untuk kepentingan penggunaan, pengutipan dan pencantuman materi-materi yang telah dicetak dalam majalah ini memerlukan pemberitahuan dan permintaan izin terlebih dahulu kepada redaksi Happen Skateboarding Magazine.

COVER STORY

At first we choosed the different picture of doing trick, but then something fishy about the trick and the wheels, so we cancelled it. We choosed the other one but somehow it looks really obvious with the vibe minus miss 1 frame that we really need. Then again this picture comes in sequance and we tought this might be the one to represent the bad boy with attitude from Surabaya. 2 lines of tiny road, but big backside 5-0 grind drop by Eddo Gawat. Photo : iPut

06HSM


When it comes to good spot, we always remember the old days when we used to skate over there. Long time ago, this round bench is really high for us to skated. Only a few people can really skate it. The new generation some how seeing it in different perspective, their skateboarding era is forcing them to adapt very quick and u can see it here now. Very clean and style 5-0 grind by Iis, the Pontianak hommies. Photo : Hafiz

HSM07


S

udah mau di penghujung tahun saja yah? Gak kerasa udh masuk di bulan ke 11. Hows your life huh? Kalau di Happen Skateboarding Magazine keadaannya semakin ramai dengan report. Tau kenapa? Karena untuk 4 bulan terakhir ini pertandingan skateboard menjadi sangat ramai. Baik yang skala nasional maupun International. Kalian bisa lihat dari report yang kemarin ditampilkan di halaman contest. Sepertinya semua orang into dengan pertandingan skateboard akhir-akhir ini dan itu merupakan tanda kalau memang kita butuh sebuah pertandingan yang sering dijalankan per 2-3 bulan. Untuk apa? Untuk membuat scene ramai dan juga menguji sampai sejauh apa kita telah bermain skate selama ini. Ada mereka yang tidak menyukai pertandingan dan beranggapan bahwa skateboard is not about competition, tapi ada juga yang beranggapan bahwa sebuah pertandingan itu untuk menantang diri sendiri dan memenangkan sejumlah hadiah. Syukursyukur bisa mendapatkan lirikan sponsor. That’s a future over there. Banyak hal sebenarnya yang bisa dilihat untuk apa kita mengikuti sebuah pertandingan, teman baru, pengalaman ketika elo berada di tengah sendirian dan dilihat ratusan pasang mata, tekanan ketika elo harus mendapatkan trik demi sebuah nilai, 08HSM

feeling ketika semua orang bertepuk tangan buat elo dan kalau elo menang, perasaan sebuah kemenangan itu jarang didapat oleh banyak orang dan kalau elo merasakan hal itu‌ itu adalah sebuah berkah yang juga patut elo syukuri. Kembali ke diri elo sendiri untuk mau mengikuti sebuah pertandingan skateboard atau gak, tapi disebuah pertandingan itu tons of fun! Beberapa pertandingan terakhir sepertinya bisa menjadi sebuah tolak ukur seperti apa nantinya tahun 2012 nanti. Dan pastinya, beberapa program pertandingan telah dibuat dan kita lihat bagaimana itu akan semakin mengubah skate scene di Indonesia melalui pertandingan. Don’t be afraid to challenge yourself, coz riding a skateboarding is like writing down your path of life, good and bad. Â

SkateBluEyes


lukiman_mulyono@yahoo.com> Allo Happen, Edisi Rookies kemaren Keren banget, cuma ada 1 yang bikin gw bilang WOW, foto Erot dari Bogor, yang jadi pertanyaan gw itu spotnya dimana? Oiya kalo boleh tampilin skateboarder dari Bogor pengen tau perkembangannya Skatepark Talaga Kahuripan Bogor, 11 taun lalu gw maen kesana dan kabarnya sampe sekarang masih ada park-nya Thx alot Exsist or Dead Holla Pria Beruntung ( Lukiman ) , Foto Erot itu di Bogor tapi kita tidak tahu tempat pastinya di mana, terakhir skteboarder bogor yng kita jadikan highlight Ale, skatepark Telaga Kahuripan masih tetap berdiri dan kabarnya makin banyak yang main kesana tidak seprti 11 tahun lalu, ayo jangan banyak buang waktu ambil skateboard elu lagi dan langsung menuju Telaga Kahuripan skatepark . ___________________________________________ from: fifty59_fits@yahoo.com Dear Happenmagz.. Gue Dimas di Malang, langsung aja disini yang pengen gue share pengalaman pribadi tentang dilema skateboard dan tuntutan pendidikan.. mungkin apa yang gue rasakan adalah salah satu contoh dari banyak skateboarder di Indonesia juga merasakan, kususnya bagi skateboarder yang harus membagi waktunya antara berkuliah dan skateboard, bagi gue tentunya ini adalah dilema yang cukup bikin galau ya (hehe), di samping orang tua mengharuskan kita untuk berkuliah tapi di kasus lain hasrat untuk berskateboarding dengan teman2 sangat besar, bahkan untuk membagi waktu dengan skateboard hanya 1 jam setiap sore itupun dirasa sangat sulit karena jam terbang kuliah dan tugas tugas yang sangat padat, kebetulan gue berkuliah di suatu PTN di kota Malang, mungkin happenmagz bisa memberikan sedikit advice kepada saya dan seluruh “mahasiswa skateboarder” yang mengalami hal demikian.. thanks Happen for the answer EXIST OR DIE! Dimas, ayo jangan menyerah dan jangan dijadikan kuliah dan skateboard sebuah dilema hidup yang bikin galau, elukan bisa main skateboard di saat benar – benar ada waktu kosong . Kuliah dan juga tugas – tugasnya tidak sampai 24 jam tinggal elu atur waktu yang tepat dan elu bisa main skateboard di mana aja sebagai penghilang rasa bosan elu di ruang kelas atau di tempat elu bikin tugas, menurut gue bawa tuh skateboard kemana aja elu pergi, dan jangan galau lagi. Oh iya elu juga perlu tau kalo banyak juga skateboarder Indonesia dan luar Indonesia yang menyandang predikat sarjana, jadi saran kita jangan jadikan kuliah sebagai alasan elu tidak bisa main skateboard atau sebaliknya, you can skate any time but you have some responbility for your social life and your parents pride. DON’T RUINED YOUR LIFE BRO!

EDITOR IN CHIEF : Nareen STAFF EDITOR : SkateBluEyes CREATIVE DIRECTOR : LeopoldAnggi GRAPHIC DESIGN : @chinoisagoodgod PROMO & MARKETING : Suri PHOTOGRAPHER : SkateBlueyes, Suri, LeopoldAnggi, Iput, Armen, Wisang, Andi, Hafiz, Soffie, Kadir, Andhi, DLBY, Yoga, Bean, Eka Saputra, Mamak, Narendra CONTRIBUTORS : Febby Lorentz, Andi, Lucky, Prue Randy, Aan Kurnia, Yayan,Gus Wib, BTX, Itop, uke!, Kadir, Rangga, Icank, Deedee Laz, Norwibi, Robby Noermanik TRAFFIC & DISTRIBUTION : Febby Lorentz a.k.a Febby TwoClothes, Cecep OFFICE BOY : Cecep PRODUCER : HeHaasik Deddy Kasih a.k.a Exist or Dead HEADQUARTER : Jl. Cipete 8 No. 94A Jakarta Selatan Phone : +6221-7690948 PRINTED BY : ENKA Parahyangan

pickuppoints

Jakarta : MSD skateshop/ Insect skateshop/ Quiksilver Store/ Life Store Lapiazza Kelapa Gading / Deadboy Limited Store // Howling Wolf / Penny. Bogor : Goat Skate Shop // Telaga Kahuripan. Bandung : Two Clothes/ unkl347/ Hobbies/ Heaven SkateShop. Serang-Banten : United One Skatepark. Sukabumi : Erwin. Cirebon : Endonesie Skateshop. Semarang : TrantSkateShop. Solo : Sovereign Seven shop. Jogjakarta : Jerry Hello // Bloodbath Skatepark. Surabaya : Happen agent Iput. Bali : Extreme Toys/ Jungle Surf/ Volcom Store Kuta Square/ Motion Skateshop / Motion Skatepark / One Shop / Raw Store. Lombok : Lombok Surf. Pekanbaru : Skate Element. Payakumbuh : Glosy. Jambi : Hendra. Padang : Substance store. Bandar Lampung : Armen. Medan : Victory // Skate Element. Samarinda : ISA Kal-Tim office. Malang : Happen agent Izad. HSM09


1.

Tyson membuat sebuah skate shop baru di jalan Bangka Raya no 110. Nama skateshop-nya “Saiik Skateshop”. Make a quick stop!

2.

Selamat kepada Rodi dan Morgan atas kelahiran putra pertama mereka yang bernama Fynn Lengkey Munzel.

3.

Jeffry dari Bandung join Heaven Skateboard. Welcome to the team!

4.

Skatepark Pondok Pinang yang dulu sempat heboh dan menjadi pelarian beberapa skateboarders untuk skating sore-sore, telah ditutup sekitar 1 tahun lalu. Wow! Happen baru mendapatkan kabar ini pada tanggal 31 Oktober. LOL. Well, RIP Skatepark Pondok Pinang.

5. 10HSM

Brett Nichols, seorang skateboarder dari USA

berkelana ke Timor Leste, untuk berbagi kecintaannya akan skateboard ke masyarakat di sana, melalui sebuah organisasi nonprofit bernama Bafuturu yang telah mewadahi sebuah skatepark di negeri tersebut. Skatepark tersebut dibangun untuk mengarahkan anakanak di Timor Leste ke arah yang positif.

more info, check out www.bafuturu.org

6.

Selamat menempuh hidup baru Boris dan Aline! Langgeng kakek nenek!

7.

Pada tanggal 28 Oktober 2011, Skematic telah membuka sebuah boutiq yang berisikan sneakers, skateboard and apparel dari beberapa produk terkenal. Toko baru ini terletak Jl. Pela raya no 42, Kebayoran Baru. Pada pembukaan di toko ini menampilkan themed Halloween yang dipandu oleh DJ dan MC. Saving ur money is a must to spend it there!

8.

Sebuah Kolaborasi dari Thunder Trucks Company dengan perusahaan Wine ‘Hobo Wine’, mereka menciptakan sebuah kejutan di dunia skate untuk menyambut Dylan Rieder sebagai Pro, dua hal produk pro model yang mereka buat, Selain Truck mereka juga membuat Wine Pro Model..

9.

One more artist found an interest things on Skateboarding... Beberapa artis hollywood terlihat pernah terlibat serius di dunia skateboarding, tapi mereka memilih jalur karir yang lebih ‘berduit’, seperti Owen Wilson dalam video ‘Girl - Yeah Right’ (2004). Kali ini ada Lil’ Wayne, rapper yang tertarik karena pengaruh dari Steve Berra, sering terlihat bersama.. And now he’s getting serious, selalu pergi ke skatepark setelah konser..!!!


HSM11


Lokasi

Jl.Terusan Jakarta, Antapani, Antapani Lucky Square, Bandung.

Fee

Rp. 10.000,

Floor

Wood and concrete.

Place Indoor.

Obstacles :

Down ledges, down rail, quarter, flat rail, fun box, side banks,  euro gap, loading dock.  

Food and Drinks :

Karena berada di dalam mal, sudah pasti banyak terdapat tempat makan dan minum. Tapi di dalam park terdapat seperti mini bar. 16HSM

Security

Sudah pasti ada security, tapi tidak di dalam skatepark-nya.

Chicks

So-so, tapi kalau naik ke lantai atas katanya rame banget.

Time

10 AM till 10 PM.

Do

Karena waktunya terbatas, so skate as hard as u can.

Dont

Jangan menghilang ke lantai atas dan kembali dengan wangi sabun 1 badan.


HSM17


18HSM


HSM19


Looks like I’m starting to write again. About skateboarding, which ain’t my daily activity anymore. Though the love for it will always be the same.

G

ua lupa kapan terakhir kalinya gua mengikuti kompetisi skateboard, tapi gua ingat terakhir kalinya gua aktif terlibat dibalik layar kompetisi. Ada hal yang bisa dibilang hampir selalu terulang dalam setiap kompetisi, yaitu salah satu atau bahkan lebih dari peserta yang datang dan bertanya mengapa mereka tidak lolos ke babak final, atau bahkan tidak juara. Dan gua tahu hal ini masih saja terjadi. Sistim Penjurian dalam sebuah kompetisi skateboard sering diprotes oleh banyak peserta kompetisi. Dan artikel mungkin bisa menjadi titik terang untuk semua orang. Sayangnya para pembaca dan skateboarder, artikel ini bukan untuk menunjukan siapa yang benar dan siapa yang salah (yup, don’t be a hater, dear readers, be wise instead), tapi lebih kepada bagaimana cara kalian melihat dan menyikapi sistim penjurian dalam sebuah kompetisi skateboard di Indonesia. Sistim penjurian kompetisi skateboard berdasarkan pada sebuah perspektif, dimana juri-juri yang bersangkutan melihat, menganalisa lalu memberi penilaian kepada peserta kompetisi. Umumnya perspektif itu sendiri meliputi tiga kategori : Style & Difficulty, Guts, Line & Consistency . Dan ini penjabaran singkatnya.

P

enilaian yang satu ini memfokuskan pada jenis trik yang dilakukan oleh peserta kompetisi, obstacle tempat trik dilakukan dan juga hasil/landingnya trik tersebut. Untuk penilaian pada jenis trik, adalah berdasarkan tingkat kesulitannya. Contoh : 360 flip lebih besar poinnya dari kickflip, switchstance trik lebih besar dari regular trik. Penilaian ini juga melibatkan pertimbangan penggunaan obstacle tempat trik dilakukan. Contoh : Kickflip di quarterpipe lebih besar poinnya dari kickflip di banks. Selain itu pertimbangan lainnya adalah style. Pernah dengar istilah ‘sketchy’? Itu adalah istilah yang dipakai bila sebuah trik dilakukan dengan landing yang kurang sempurna ( contoh: tangan menyentuh floor; landing dengan posisi badan tidak stabil dan terlihat canggung ). Wise Tip : Master all of your tricks on every obstacles.

20HSM


Kategori penilaian ini melibatkan aspek nyali/keberanian dari peserta kompetisi. Dan kategori ini juga sangat berhubungan dengan Style & Trick Difficulty. Kalian boleh saja melakukan kickflip di pyramid dan landing dengan sempurna. Tapi bila pesaing kalian melakukan trik yang sama di obstacle yang sama, namun dengan speed yang lebih cepat dan pop yang lebih tinggi, lalu memperoleh poin lebih besar, janganlah iri. Landingnya sebuah trik memang penting dalam sebuah kompetisi. Tapi qualitas dari sebuah trik juga sangat penting. Wise Tip : Pop more and go big on your next constest. Penilaian yang satu ini merupakan penilaian secara keseluruhan pada satu run/heat seorang peserta kompetisi. Semakin sempurna line yang kalian lakukan tanpa bail, semakin besar poin yang akan kalian dapatkan. Penilaian ini juga dibuat berdasarkan pilihan obstacle yang digunakan oleh peserta. Semakin banyak obstacle yang digunakan akan menambah poin peserta. Sebuah saran yang berguna : jangan berusaha untuk mengulang trik yang gagal landing sampai berkalikali. Selain menyita waktu run, kalian juga hanya akan membuang peluang memperoleh poin dengan lain trik dan lain obstacle. Wise Tip : Think wise during your line.

Kombinasikan ketiga kategori penilaian di atas dalam run/heat kalian, maka kalian berpeluang untuk meraih poin besar dan melanjutkan ke babak final atau bahkan menjuarai kompetisi. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan saingan kalian. Apakah mereka juga ‘memenuhi persyaratan’ di atas? Kalau iya apakah penilaian pribadi anda mengatakan bahwa saingan anda lebih bagus permainannya dari anda atau sebaliknya? Dalam setiap kompetisi, sudah pasti ada peraturan kompetisi dan sistim penjurian. Biasanya hal ini (selalu) dibacakan oleh M.C acara ( dan biasanya juga sering diabaikan oleh peserta). Kalau kalian memang mengikuti kompetisi pada saat itu, kalian punya hak untuk bertanya sebelum kompetisi dimulai bila memang peraturan tersebut tidak dibacakan. Carilah informasi tentang sistim penjurian yang diterapkan, dan pahami dengan baik, supaya kalian tidak kecewa karena result kompetisi tidak sesuai dengan yang kalian duga, hanya karena kalian tidak tahu sistimnya. Sekilas, sistim penjurian bisa terlihat sederhana, dan kalian mungkin berpikir siapa saja bisa melakukan penjurian dengan mudah. Namun dalam realitanya, penjurian dalam kompetisi skateboarding bukanlah hal yang mudah. Profesionalisme dan dedikasi kepada skateboarding harus menjadi dasar yang kuat untuk tiap juri, karena merekalah yang akan menentukan standar yang harus dicapai para skateboarder Indonesia untuk berkembang menjadi semakin baik. Level skateboarding Indonesia masih jauh dari standar skateboarding internasional. Dan melalui kompetisi skateboardinglah kita harus mengasah bakat skateboarder-skateboarder tanah air. Jadi lain kali jika anda mengikuti kompetisi skateboard di Indonesia, lakukan yang terbaik dari untuk semua kriteria penjurian di atas. And remember, it’s should not be about the prize, it’s more about the best you can do on a skateboard without loosing the fun of enjoying it. HSM21


Words by Nareen || Photos by Suri and Hafiz

==========================================

M

elanjutkan seri mereka yang terakhir dibuat di Singapore, kali ini Billabong City Squared Indo diadakan di Jakarta, tepatnya di La Piazza pada tanggal 23 Oktober 2011. Walaupun pertandingan diadakan pukul 1 siang tetapi banyak skateboarder hadir dari jam 10 pagi untuk melihat seperti apa sih obstacle yang di pertandingkan kali ini. Sempat terhambat selama sekian belas menit dengan hujan yang deras, tapi berhasil berhenti dengan mengeluarkan sinar matahari yang terik. Dan keadaan ini membuat banyak orang tersenyum. Pertandingan ini merupakan pertandingan yang sangat seru karena hanya mempertandingkan skateboarders terbaik yang ada di Indonesia dan beberapa skateboarder dari Singapore, Filipina, Thailand dan Malaysia. Dengan kata lain, pertandingan ini berupa invitation only dan bisa memasukan peringkat 10 terbaik versi FSI. Di pertandingan ini terdapat 32 peserta yang setiap grup diisi dengan 4 skateboarder. Mereka bertanding selama 5 menit untuk melakukan trick dan landing sebanyak mungkin. Semakin banyak dan semakin sulit akan mendapatkan koleksi nilai yang baik pula. Dan dari setiap grup diambil 2 terbaik saja sampai final round. Bisa disebut bahwa pertandingan ini adalah salah satu pertandingan terbaik yang pernah dibuat, disini semua skateboarders nasional bermain all out. Semua trik terbaik dikeluarkan. TX dengan kickflip backside 50-50 down ledge, Wonder Boy Yogi yang kali ini ikut bertanding juga terlihat kemajuan yang sangat pesat, his frontlip is 1st tried. Firdaus dari Singapore yang datang adik keduanya Fairoz juga bener-bener keren. Semua yang dilakuin sama dia 1st tries. Ollie over k grind, ollie over bs 50-50, ollie over bs 5-0 beneran sakit banget dia. Dari Malaysia ada Adam and Kieron. Adam dengan ollie to backlip, switch 180 to smithgrind juga keren banget. Kieron bisa dibilang bermain aman tapi mengumpulkan banyak point termasuk shove it to 5050 grind. Viji and Absar sempat fight di 1 grup tapi yang beruntung Absar. Tricknya gak terlalu jauh beda sampai ollie over 50-50grind-nya pun keluar bersamaan. Hanya saja, pengumpulan trick Absar lebih banyak dr Viji.

22HSM

Firdaus // K-Grind

Deni TX // Kickflp 50-50

Geng Jakkarin // Smith Grind


Rino // 180 Nosegrind

Kieron // 5-0 Grind

Yogi // The ‘Rogoh’ Noseslide

Absar // Smith Grind

Sang juara Rino? Damn man! Gua rasa hari itu dia berada dikondisi puncak dia. No one cant stop this guy that day! Kickflip noseslide, hardflip 50-50, hardflip drop dan masih banyak trick yang berhasil dia kumpulkan dengan 1 atau 2 kali percobaan. Dan 30 juta masuk ke kantong dia hari itu sekaligus sebuah jam tangan Nixon sebagai pemenang best trick. All in all, semua skateboarder bermain baik dan keren. Reno yang papannya patah, Genta, Anjar, Agung HB, Mario, Pevi, Daung, Ariyadi, Dewa Oka yang keren banget mainnya hari itu, Geng Jakarin dari Thailand, Jeff dari Filipina, Fuad dan masih banyak lagi. U guys awesome!! Vibe ketika mereka bertanding itu kerasa banget serunya. One of the best! Tahun depan??? Akan jauh lebih keren lagi gua rasa. Good game! o yah 1 hal lagi, alatnya disumbangkan kepada Federasi Skateboard Indonesia yang nantinya kalau sudah terdapat tempat yang sedang dibangun bisa digunakan.Â

1st Rino Herman (Indonesia) 2nd I Putu Yogi (Indonesia) 3rd Kieron Brodie (Malaysia) 4th Absar (Indonesia)

HSM23


Mario // Bs Lipslide

Mounting - Barspin Tailtap

Words by LeopoldAggi || Photos by Suri and Nareen ota Palembang, di tahun 2011 ini sepertinya bikin “iri� kota-kota lain. Bagaimana tidak, kota ini selain di percaya sebagai tuan rumah SEA Games 2011, juga sebagai penyelenggara ajang Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC). Saat itu para skateboarder Palembang bisa ngeliat langsung para Professional Skateboarder dari berbagai negara berkompetisi. IOXC isinya bukan hanya Skateboard saja, ada juga Inline Aggressive, BMX free style, dan Sport Climbing. Ajang yang di buka langsung oleh Wali Kota Palembang Edy Santana Putra, didampingi, Kepala Bidang Prestasi Olahraga Nasional Kemenpora Doddy Iswandi ini diikuti oleh peserta dari negaranegara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Brunai, Filipina, China, Thailand, dan Vietnam.

K

Kompetisinya berlangsung selama dua hari bertempat tepat di pinggir sungai Musi dan berdekatan dengan ikon kota Palembang Jembatan Ampera. Dengan mengadopsi format pertandingan dan peraturan dari AXF. Ada dua Round dan tiap peserta diberikan 2x45detik/Round. Hari kedua diawali dengan final round Inline Aggressive. Sudah terlihat dari semi final sebelumnya kalau Franky Zhangchi asal China punya kemampuan di atas rata-rata peserta yang lain. Menyusul Nik (Malaysia) dan Noracai Boonim (Thailand). Terlihat para skateboarder Indonesia sedikit kaku mengikuti format pertandingan pada saat itu, karena format tersebut jarang digunakan di Indonesia. Kakak beradik Firdaus dan Farris skateboarders asal Singapura terlihat sangat dominan saat itu. Big tricks sama dengan Big Scores tampaknya menjadi strategi Firdaus pada saat itu. Hal yang sama dilakukan juga oleh skateboarder Indonesia seperti Pevi dan Reno Pratama, namun sayang nilai juri lebih banyak tertuang ke Genk Jakkarin asal Thailand. Skateboarder Indonesia bisa terhibur oleh raihan Rino 24HSM

Rino // Kickflip Boardslide


Domdom // Bs Taildslide

Ariyoshi // Tailbone

RANKS:

BEST TRICK:

1. Moh Firdaus (Singapore) 1. Rino Herman (Kickflip Over Disaster 2. Moh Farris (Singapore) Boardslide) 3. Jakkarin (Thailand) 4. Pevi Permana (Bandung) 2. Mario Palendeng 5. Reno Pratama (Jakarta) (Kickflip Bs Lipslide) 6. Indra Gandhi (Bandung) 3. Juraimi (Kickflip Bs 50-50 flipout) 7. Juraimi (Singapore) 8. Rino Herman (Bali) 9. Absar (Bandung) 10. Ariez Cabe (Padang)

Skateboard finalists

Skateboard finalists

Skateboard finalists

Best Trick winners

Other section winners

Herman di posisi pertama Best Trick dan ke-2 ada Mario Palandeng. Pada divisi BMX sudah tidak bisa di bantah lagi kalau penguasa freestyle roda dua tersebut adalah Kiattichai dari Thailand. Disusul oleh adiknya Chokchai yang bertengger di posisi ke-2. dan Zafrin Shan dari Malaysia di posisi ke-3. Tak ada podium yang tersisa bagi rider BMX tuan rumah, hanya kategori Best trick lah yang mampu diraih oleh Indonesia ditempati oleh Leonardo Rizky, tapi itupun hanya di posisi ke-3. HSM25


Surabaya’s young guns

Juni Candra // Smith Grind

K

Words and Photos by Iput

ali kedua DISPORA Surabaya mengadakan kompetisi skateboard di Ketabang Skatepark Surabaya. Kompetisi yang dilaksanakan selama dua hari ini, 8-9 Oktober 2011, dibagi menjadi 3 kelas, yaitu U15, Beginner, dan Open. Hari pertama merupakan babak penyisihan dan hari kedua adalah final. Tepat pukul 10.00 WIB acara dibuka oleh sambutan dari Sekertaris DISPORA Surabaya. Tahun ini peserta yang bertanding meningkat cukup drastis, yaitu sekitar 100 peserta. Dan mereka tidak hanya berasal dari Surabaya sendiri, tetapi dari Gresik, Sidoarjo, Malang, Kediri, Madiun, Pamekasan, dan Ternate.

Di kelas U15 banyak muka-muka baru yang cukup berbakat. Mungkin karena mereka baru pertama kali mengikuti kompetisi, jadi banyak yang grogi. Misalnya saja Raffi Made dan Faris Hua Ho yang berada di posisi atas ketika babak penyisihan, ternyata tidak bisa mempertahankan permainannya di babak final. Sehingga yang berhak naik podium adalah Istiqlal Gemilang di posisi pertama dan Ian Dewok yang membuat kejutan dengan switch ollie to box berada di posisi kedua. Irgi yang bermain konsisten di babak penyisihan dan final menempati posisi ketiga. 26HSM

Habibi // Bs Aerial


Aldwin // Nosegrind

Irgi // Ollie

BEGINNER winners -------------1. Dimas Drenk 2. Habibi Isma 3. Bagaz

OPEN winners -------------Dimas // Nollie Over

Dikelas Beginner masih didominasi oleh muka-muka lama. Namun ada juga mukamuka baru yang bermain bagus, seperti Joe Iswahyudi dan Habibi Isma a.k.a Tompel. Dan dikelas ini yang menjadi bintang adalah Dimas Drenk dengan trik nollie overnya. Sedangkan di kelas Open yang kelihatan konsisten di babak penyisihan dan final adalah Aldwin, Afriansyah dan Juni Candra.

1. Aldwin (Holy)

2. Afriansyah (Puppet, Bigtruck, Owlvetica)

3. Juni Candra (Zealot)

U-15 winners -------------1. Istiqlal Gemilang 2. Ian Dewok 3. Irgi

Acara di akhiri dengan penyerahan hadiah oleh Sekretaris DISPORA Surabaya. Sampai ketemu tahun depan. HSM27


28HSM


ick ngan tr boh de t atau e h in lalu bik , ring baske r. ang se baya y dari atas atap rsebaya Yunio ra u S ri e a u P d it i r s h e k ta ard ele en asuk s katebo in nya ernah m an drop cavem rnyata juga p n Edo Gawat. te ga pohon, interview den t u k ri e b Simak

S

HSM29


Pertanyaan wajib, sebutin nama lengkapmu dan tanggal lahirmu. Namaku Eddo Ferdianto, lahir tgl 7 Mei 1990. Siapa nama panggilanmu? Eddo Gawat.   Kenapa kamu dipanggil Eddo Gawat? Pertama kali yang panggil aku pake embel-embel Gawat si Candra, gara-gara aku main rail, main tabrak aja gak mau gentian. Hahaha   30HSM

Ceritain awal mula kamu main skateboard? Pas tahun 2007, kuliah semester awal. Aku diajak anak ITS namanya Andika. Main skateboard disana. Kok nagih, akhirnya ketagihan main skateboard. Kendalaku waktu itu aku gak punya skateboard. Jadi masih pinjem punya temenku itu. Terus aku jadi keinget kalo di komplekku ada anak yang main skateboard udah lama, namanya mas Andik. Akhirnya aku beli deh skateboard bekas dia 250 ribu, tapi kurang 50 ribu dan lupa sampe sekarang. Hahaha. Semenjak punya skateboard, aku main tiap hari. Setelah seminggu main, ada anak local ITS yang bilang ke aku “kalo gak bisa ollie box, gak usah maen di box”. Sejak dikatain begitu, akhirnya aku


termotivasi. Yang dulunya main jam 4 sore, akhirnya main sendiri mulai jam 2 siang dan angkat box sendiri.  Oh, ternyata kamu toh yg suka naruh box siang-siang ditengah gak dikembalikan? Iya. Hahaha. Buat nunjukin kalo aku bisa ollie box. Dan sekarang anak yang pernah ngatain aku, udah gak keliatan lagi dari dunia perskateboard-an. Hahaha. Tapi aku ucapkan terima kasih buat dia udah ngatain aku. Mungkin kalau gak dikatain, aku tidak main seperti sekarang. Karena kata-kata itu bikin semangat.   HSM31


Masih ingat papan pertama mu yg kamu beli kurang 50 ribu itu? Hahaha. Papan Darkstar, Truck Independent, Wheel Spitfire, Bearing Lucky. Misal kamu gak main skateboard, jadi apa kamu sekarang? Mungkin udah jadi kayak Irfan Bachdim, dikelilingi wanita cantik yang bohai. Hahaha   Emang sebelum maen skateboard, kamu main apa? Sepak bola. Dan masuk seleksi Persebaya Yunior. Terus bimbang antara skateboard atau sepak bola. 32HSM

Terus hal apa yang akhirnya membuat kamu memilih skateboard? Karena di sepak bola latihannya kayak militer. Misal bangun jam 4 pagi, disuruh muterin lapangan Tambaksari 20 kali putaran. Emangnya aku robot. Hahaha. Terus makan diatur. Pokoknya banyak aturan. Lebih enak skateboard, bebas gak banyak aturan.   Tujuanmu main skateboard apa? Menjadi suatu pekerjaan. Masa depanku disini, pokoknya sampai tua main skateboard kayak Andrew Reynolds.   Terus apa yang udah kamu dapetin dari maen skateboard selama ini? Punya banyak teman yang paling penting. Kalo trip keluar kota/ pulau hanya berbekal skateboard dan


datang ke skatepark. Pasti disambut oleh local skateboarder sana. Jadi gak usah mikir nginep di hotel mana, pasti pada nawarin buat tidur di rumahnya masing-masing. Kayak pengalaman waktu kompetisi di Kalimantan kemarin. Cukup bawa uang transport PP. Soalnya makan, tidur, semua yang nanggung anak Kalimantan. Seminggu di Kalimantan cuma habis 50 ribu. Itulah kekeluargaan yang ada di skateboard dan tidak ditemui di olahraga lain. Â

Oh ya? Ceritain pengalamanmu naik kapal ke Kalimantan. Pengalaman pertamaku naik kapal 3 hari 2 malam. No internet dan handphone. Diatas kapal kerjaanku sosialisasi dengan penumpang lainnya.  Kenapa kamu sampe nekat naik kapal? Rasa ingin tahu gimana rasanya naik kapal ke Kalimantan, padahal bisa beli tiket pesawat.   Gimana rasanya naik kapal sendirian gak ada teman? Dapat pengalaman hidup seperti jangan ngandalin orang tua. Terus diatas kapal takut tenggelam dan dimakan ikan hiu. Yang bikin aku kaget, kapal Marina yang aku naikin seminggu kemudian tenggelam. Mungkin orang yang tenggelam udah dimakan ikan hiu semua. Hahaha.   Kapok gak naik kapal? Kapok. Gak akan naik kapal lagi. HSM33


Biasa main dimana kamu? Ketabang skatepark. Sama siapa biasanya? Aldwin, Yana, Suplo, Iput, dan Little Holy.   Siapa skateboarder yang kamu idolakan untuk dalam dan luar negeri? Dalam negeri: Aldwin. Luar negeri: Ragdoll.   Kenapa kamu mengidolakan Ragdoll? Karena dia gak pernah ikut kompetisi, tapi terkenal dari video.   Bagaimana keadaan dunia skateboard di Surabaya sekarang? Semakin maju dengan adanya 3 skatepark, tapi desainnya aneh-aneh. Hahaha. Gak salah juga kalo anak Surabaya ikut kompetisi luar kota mainnya anehaneh. Hahaha. Terus anak-anaknya udah gak manja kalo diajak cekspot. Soalnya anak Surabaya paling males ikut kompetisi, karena skateboard buat have fun. Padahal kalo kompetisi trik-triknya juga tidak kalah dengan skateboarder luar negeri. Hahaha. 34HSM

Apa yg kamu banggakan dengan kotamu Surabaya? Orangnya ramah-ramah, gak macet kayak Jakarta. Pokoknya beda dengan Jakarta, Bandung, Bali. Karena udah pernah ngerasain hidup di kota-kota itu. Pokoknya Surabaya the best lah, meskipun di setiap kompetisi-kompetisi nasional nama Surabaya jarang muncul. Tapi tetep bangga tinggal di Surabaya.   Apa harapan mu untuk kota ini di masa yg akan datang? Kayak kota New York, semua anak-anaknya main skateboard. Banyak taman-taman kota yang skateable.  


Aku perhatiin disetiap kompetisi nasional di luar kota, kamu selalu mengeluarkan trik caveman drop in di setiap last trick, entah itu dari atas atap, ring basket atau pohon. Apa yang membuatmu untuk melakukan trik itu? Pokoknya biar bikin heboh dan wah, serta hati senang. Hahaha.  Kenapa suka gonta-ganti warna rambut? Iseng aja.   Kenapa kamu suka berpakaian aneh kalo ikut kompetisi? Supaya beda aja dengan yang lain. Gak itu-itu aja. Masa makan ayam terus kan bosen. Pokoknya gak gonta-ganti pacar. Hahaha.   Perasaan kamu gonta-ganti pacar deh. Dulu iya, sekarang udah gak. Hahaha.  


Sekarang lagi ngulik trik apa kamu? Blunt big spin out di quarter. Terus trik apa yg kamu ulik dari dulu sampe sekarang gak landing-landing? 360 flip. Benci dengan trik flip-flip an. Pokoknya males mikir flip-flip-an. Hahaha.   Kalo gitu trik apa yang gampang kamu dapetin sekejap mata? Switch blunt di quarter.   Mau jadi apa kamu 5 tahun lagi? Jadi bapak. 36HSM

Kegiatanmu selain main skateboard apa? Bikin skate video sama ngurus toko.   Udah berapa persen videomu? Udah 20%.   Sekarang ke yang lebih umum. Bagaimana perkembangan skateboard di Indonesia? Berkembang pesat. Banyak anak-anak kecil yang jago. Kayak Sanggoe dari Bali, dia udah punya sponsor brand besar.  


Terus harapanmu untuk dunia skateboard di Indonesia? Brand-brand skateboard yang udah besar di Indonesia datengin Pro Skateboarder dari luar, seperti Andrew Reynolds, Chris Cole, Ragdoll, dll. Pasti ntar Pro Skateboarders yang lain pada datang kesini. Terus Pro Skateboarder Indonesia jangan sombong-sombong, ajarin anak-anak yang baru belajar. Pesan-pesan buat anak didikmu: Sekolah yang rajin, jangan bolosan. Waktunya sekolah, ya sekolah. Pokoknya bisa ngatur waktu antara sekolah dan main skateboard.

Thankz to: Jesus, Family, Lea, Aldwin, Suplo, Yana, Iput, M. Rizky, Mamak, Unet, Nasrol, Boby, Nasa, Afandy Motion, Burjaburja Bali I love You, Puink Park, Varool, Nenda, Bento, Opi Kalimantan, Denza, My Sponsor Cosmic, Holy Skateshop, Bung Kucing Cosmic, Afi Cosmic, Gisonk, Kucing, Sony, Tera, Hilmas, Drenk, Black, Nagaw, Pay, Jagger, Kikik, Deril Rodriquez, Dower, Afry, Demmy, Little Holy I love You All, Ayu Ting-Ting. Dan yang belum kesebut ma’af ya, soalnya aku pelupa. Tapi tetep kok aku sayang kalian. Muahhhhhh.

HSM37


38HSM


N

ow after 2 years, we’re back to this lovely city again. Walaupun terlalu singkat untuk sebuah trip skateboard, tapi selama berada disana berusaha untuk memaksimalkan waktu yang ada dengan 1 kamar hotel berisikan 7-8 orang. Dan kita semua senang sekali bisa kembali ke Singapore untuk meliput pertandingan skate dan memasukan checkspot ke jadwal kita. Ini ada cerita dari kita semua. Semoga menyenangkan.

HSM39


T

rip kali ini seakan seperti full team, ada Absar, Rino, Pevi, Sruntul dan Tx. 3 yang lain adalah gua, Suri and Anggi. Kita cuman sebagai supporter aja untuk pertandingan Billabong City Square 4 hari sebelumnya. O yah, trip ini dilakukan disaat minggu terakhir dari bulan puasa. Ada yang tetap berpuasa, tapi banyak juga yang belagak jadi mualaf. Hahaha. Kalau cerita bagaimana Singapore sekarang gak banyak yang berubah kecuali toko-toko / mall yang baru . Jalanannya tetap padat dengan berbagai macam orang, mulai dari orang kantoran, turis sampai siapapun ada disitu. Kehidupannya juga ramai di atas dan dibawah, dibawah maksudnya adalah kehidupan subway. Itu gila banget dan baru sadar kalau office hour itu pasar banget. Â 40HSM

Diluar semua kehidupan manusianya, yang mebedakannya lagi adalah burung yang beterbangan dimana-mana dan bahkan datang ketika kita memberikan makanan. Itu membuktikan kalau mereka yang tinggal dan berada disana menghargai kehidupan lain dan memberikan mereka kebebasan. Emang beda banget sama di tempat gua. Ini jadi kaya tanda tanya sama gua sendiri, segitu barbarkah orang di negara gua atau memang enviroment kita yang sudah gak bagus banget untuk mereka. Singapore memang negara bekas jajahan Inggris, jagi gak heran kalau kehidupan mereka modern dan juga tertata dengan rapi. Kita 350 tahun di jajah Belanda tapi gak ada modern-modernnya, dibabat habis iyah. Anyway, cerita gua jadi ngelantur tapi itu yang memang terjadi.


Nin // Switch Tailslide Fs Flip Out Absar // Bs Tailslide

 Cerita tentang hotel memang beda lagi, kita mendapatkan hotel dengan fasilitas bintang 4 dan berada di ujung Orchard rd. Hebatnya, kita 1 kamar berisikan 7-8 orang. Hahaha. It’s a messed, but its really fun! Udah nambah extra bed tapi asli kita sumpel-sumpelan. Sempat Ardi Polii masuk 1 malam, kemudian Hari Substance 2 malam dengan sleeping bag-nya yang berwarna hijau. Hahaha. Gila tapi menyenangkan. Dan ada 1 malam dimana kita cumin duduk dan kemudian datang keajaiban yang membuat gua merasakan gempa tapi yang lain biasa aja, ada yang pegang plastik sambil tidur sampai ada juga yang merasa kuat padahal dunianya mau ambruk juga. Hahaha. HSM41


Rebutan wc jadi hal yang biasa, tapi biasanya yang junior ngalah sama yang oldskool. Yang paling lucu adalah ketika ada yang memutuskan untuk membeli video di salah satu channel di hotel tersebut. Terpilihlah dengan judul Womb Rider yang pada akhirmya di film itu tidak terjadi apa-apa. Jadi apa yang ditawarkan di hotel itu safe kok. Tapi harus diliat kalau emang mau tau seperti apa.  Jalan-jalan di Singapore pake skateboard itu emang very usefull. Disitu terlihat benar bahwa salah satu fungsi lainnya dari hanya ollie adalah riding with it. Kemana-mana kita pake skateboard dan menjadi sebuah penglihatan biasa buat orang sana. Dan anehnya kita semua gak ada yang berkesempatan untuk naik trem. Dan itu yang disesalin Anggi sampai sekarang. Hahaha. Dia sempet nyasar sampai ke trem station tapi gak  tau mau kemana, cukup tau aja yang Nggi...   42HSM


Deni TX // Fs Flip 180 Nosegrind

Pertandingan di hari Sabtu itu cukup moody, karena sempat hujan deras sepanjang pagi dan beberapa kali pertandingan sempat dihentikan dan kita beneran mati gaya. Tapi itu mungkin salah satu pertandingan international terseru yang pernah gua lihat lagi setelah sekian tahun, karena ada Rino, Pevi, Absar dan Tx yang tanding kesana. They fight their best! Tapi sayang semuanya gagal di round 1, mungkin karena bingung mau bikin apa di alat sebesar itu untuk pertama kali. Tx sih keliatan beberapa kali angkat topi and garuk-garuk kepala, but he’s one of the best from here. Rino agak lost dengan rules-nya, tapi dia masukin hardflip 50-50 di raildown. Absar and Pevi gak terlalu banyak spekulasi dengan trik-triknya tapi mereka berdua juga fight sama baiknya. Mereka ber-4 jatuh bangun dengan hitungan menit dan harus me-landing-kan banyak trik untuk pengumpulan point. Ketat banget dengan beberapa pro seperti Shannon Shuriken, Tommy Finn, Jeesse Nunez, Firdaus dan banyak lagi beberapa skateboarder HSM43


Absar // Nollie Heelflip dari Malaysia, Thailand, dan Philipina. Yang nonton juga puas karena memang pertandingannya seru walaupun harus dilakukan di hari kedua karena hujan yang gak berhenti di hari 1. We proud of you boys! And u all fight more aggressive in Jakarta.  Ternyata beberapa jam dari beberapa hari yang kita dapat selama di Singapore banyak digunakan untuk jalan, dan salah satu tempat berlatih paling dekat adalah skatepark Sommerset. Banyak local lama yang main di East Coast park, very good tapi jauh aja. Dan somehow, kita cukup puas cruising around di Sommerset park. Vibenya sih yang enak, ditengah kota and its just perfect with the obstacle. Tapi seharusnya ada pembaharuan alat sih semestinya, its just never changed but it still good. Rata-rata kita semua bermain skate disini dan ini mungkin moment yang paling gua kangenin. Gak inget udah berapa lama gua gak main skate dan tentu aja gua gak mau ngelewatin moment yang jarang ini. Terus di hari terakhir pertandingan, kita sempat juga checkspot ke beberapa tempat di Singapore ditemenin sama beberapa local seperti  Nin, Hambali dan 1 videographer yang gua lupa namanya. Maaf yah. 44HSM

Tony Sruntul // Melon to Fakie

Hambali // Nosegrind


HSM45


Nareen // Bs Flip

Bigspin Flip But then kita datang ke beberapa spot dan perjalanan kita hampir memakan wakti 1 jam skating keliling Singapore. Gua sempet berpikiran untuk datang ke salah satu banks yang ada dibawah flyover, tapi ternyata itu terletak jauh sekali dan harus pake bus berpindah-pindah. Sampailah kita di banks berdekatan dengan salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalau ke Singapore. Banks dibawah jembatan ini berada dekat dengan patung Lion yang memancurkan air. Dan bentuk banks ini panjang keatas, lebih curam dibandingkan Greenpark dan memilki run away sepanjang elo mau. Bahkan ketika gua selesai banyak foto mereka yang bermain duluan, gua 46HSM

Anggi ngesot! memutuskan untuk mencoba trik yang gua sanggup aja. Kesulitannya adalah tidak ada lampu dan firing dari blitz cukup menyakitkan mata, tapi in the end semua berakhir dengan baik. I got the trick begitu juga dengan skateboader yang lain. Someone owed me a trick over there. *lirik Anggi. Â Akhirnya, emang gak boleh lama-lama tingal di Singapore, karena selain bangkrut, juga memang sudah waktunya pulang karena menjelang Lebaran. We all had a good memory and pretty decent trip. A bit messed but we lived in a skateboarding world. Lived it or killed yourself, never compromise.


Rino // 360 Flip

HSM47


48HSM


HSM49


50HSM


HSM51


Kalian tau siapa Firdaus? Dia adalah salah satu skateboarder dari Singapore yang kemarin beberapa kali datang ke Indonesia untuk mengikuti pertandingan skateboard di Palembang dan Di Jakarta. Dia sempat hangout dan bermain Game of Skate dengan skateboarder seperti Reno, Pevi, Ega dan Marlon. Trik yang akan diperlihatkan oleh Firdaus pada dasarnya adalah trik dari Fakie Backside 180 Ollie atau dengan kata lain Halfcab. Dan ketika ditambahkan perputaran 180’ lagi, menjadi fakie backside 360 ollie. Mari kita lihat caranya.

52HSM


1.Â

Ambil kecepatan yang kalian rasa berada di posisi sedang. Tiadk kencang juga tidak pelan, tapi dibebaskan bila memang suka push kencang. Posisikan kaki sama seperti akan melakukan fakie backside ollie.

2. 3. 

Pop tail kalian , buka kedua bahu dan bersiap melakukan perputaran backside ollie.

Usahakan untuk melakukan fakie ollie yang tinggi sehingga kalian bisa mengikuti kemana arah papan kalian melayang dan kunci dari trik ini adalah pinggang kalian yang menjaga keseimbangan.

4.Â

Ketika kalian yakin perputaran papan kalian telah berhasil masuk ke putaran 270’, segera turunkan bagian nose papan kalian dan bersiap untuk

mendaratkan roda bagian depan.

5.Â

Ketika roda depan sudah mendarat, keseimbangan dan perputaran pada pinggang kuncinya, bersiap untuk meyembeimbangkan dan menarik papan skate kalian denganc ara revert atau kalau kalian memang telah mahir melakukan perputaran 360 secara sempurna akan terliha lebih baik.

6.Â

Ikuti kemana arah papan kalian melaju sambil berdiri seimbang diatas papan skate kalian dan kalian tetap berjalan fakie.

7.Â

Roll away. Have fun!! HSM53


Words : Nareen || Photo : Hafiz _________________________________________ Â

1. Your favorite place to hangout? Anywhere.

2. People you admire?

My mom, my family, my friend and Mila.

3. People you hate?

Hatters that talking too much behind you.

4. Last gadget you just bought? iTouch 4gen.

5. Best Happen Skateboarding Magazine?

Perwira Bunga Bangsa highlight and 3D edition.

6. Your idol outside of skateboarding?

2Pac, Taylor Gang, Babal, Ali Shena Gustavo Hahaha.

7. Last time You feel pressure?

When i’m loosing someone that i really love.

8. Good advice u got?

Sabar, tawakal dan ikhlas.

9. What is skateboarding to you? Wheels of my life.

10. Your next goal?

Being useful to each other, my friend, another people, especially to someone that I love now.

54HSM


Fs Boardslide

HSM55


Profile for Happen Skateboarding

HAPPEN#88-November2011  

SPOT SEEKER Lucky Line Skatepark, Bandung //SEQUENCEBobby Korea - Bs Kickflip //COMPETITIONBillabong City Squared Indo, Jakarta //IOXC, Pale...

HAPPEN#88-November2011  

SPOT SEEKER Lucky Line Skatepark, Bandung //SEQUENCEBobby Korea - Bs Kickflip //COMPETITIONBillabong City Squared Indo, Jakarta //IOXC, Pale...

Advertisement