Issuu on Google+

EDISI : 219 TAHUN LXIII

SENIN 19 DESEMBER 2011 M / 23 MUHARAM 1433 H

HARGA ECERAN

Rp2500

HARI INI TERBIT 24 HALAMAN

SEJARAH MENCATAT, HALUAN TERBIT SEJAK 1948 DAN MENJADI TUAN RUMAH DI NEGERI SENDIRI

KAPAL IMIGRAN TENGGELAM

Dalam hati mereka ada penyaki, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta. (QS Al Baqarah Ayat 10)

SUBUH ZUHUR ASHAR MAGHRIB ISHA

04.48 12.14 15.40 18.16 19.32

182 Penumpang Masih Dicari

WIB WIB WIB WIB WIB

TRENGGALEK, HALUAN — Jumlah penumpang kapal tenggelam di di perairan Prigi, Watu Limo, Trenggalek, Jawa Timur, pada hari Sabtu (17/12) pukul 15.00 WIB berjumlah 215 orang. Sampai tadi malam, baru 33 orang yang berhasil ditemukan dan 182 orang lagi dinyatakan hilang. Kapal yang memuat imigran gelap dari Afganistan, Turki, Iran, dan Arab Saudi itu tenggelam akibat kelebihan muatan. Kapal terbuat fiber yang diduga berangkat dari daerah Jawa barat atau Jakarta itu seharusnya hanya diperbolehkan memuat penumpang maksimal 100 orang, namun pada prakteknya diisi hingga 215 orang.

http://www.pkpu.or.id

„ Bersambung ke Halaman 11

REFLEKSI

Ad Perpetuam Rei Memoriam OLEH : HASRIL CHANIAGO ONLY on two things in life you cannot be ebjective; firstly, the love to your mother; and secondly, the love to the country were you have been born (Hanya pada dua hal dalam hidup ini Anda tidak bisa objektif; pertama, cinta kepada ibumu; dan kedua, cinta kepada Tanah Air di mana Anda dilahirkan). Kata-kata bijak yang berasal dari ungkapan ilmuwan besar dunia Albert Einstein itu dikutip oleh Mr. Sutan Mohammad Rasjid dalam buku memoarnya yang terbit tahun 1981: Rasjid 70. Buku kenangan tersebut ditulis oleh Mohammad Rasjid dan dilengkapi dengan tulisan kawan-kawan seperjuangannya untuk memperingati 70 tahun usia tokoh pejuang yang merupakan salah satu tokoh utama Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI).

„ Bersambung ke Halaman 11

ANTARA

KAPAL IMIGRAN TENGGELAM — Petugas mengevakuasi salah satu korban selamat dari kapal imigran gelap yang tenggelam ke rumah sakit terdekat di Pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (18/12). Sebuah kapal berpenumpang 215 imigran gelap dari Timur Tengah (Afghanistan, Irak, Iran dan Turki) tenggelam di perairan Trenggalek, Jawa Timur. 33 orang ditemukan selamat, dan setidaknya 182 orang hilang dan sedang dalam proses pencarian oleh Tim SAR.

PASCABANJIR PESSEL

Pembabatan Hutan Masih Berlangsung

MESKI belum sampai dua bulan banjir besar melanda Pessel, aksi pembabatan hutan TNKS ternyata terus belangsung. Pekan ini ditemukan 141 kayu yang baru ditebang bersama puluhan gergaji mesin oleh sebuah tim operasi gabungan.

PAINAN, HALUAN — Tak jera kena bencana, agaknya itu ungkapan paling pas untuk penggerogot hutan sepanjang kawasan TNKS di Pesisir Selatan. Hanya berselang sebulan lebih sejak banjir besar

„ Bersambung ke Halaman 11

SETELAH BUSRA DITAHAN

DEFIL

KONDISI jalan Nagari Pagadih Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam semakin parah. Warga setempat mengharapkan jalan tersebut diperbaiki bahkan jika perlu diperlebar.

Demi Jalan, Warga Rela Serahkan Tanah Tanpa Ganti Rugi

mang Plh tidak bisa mengeksekusinya, karena itu saya berusaha mengusulkan yang bersangkutan ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) dengan demikian kewenangannya bisa lebih maksimal dan dapat mempercepat beberapa pekerjaan yang menunggu diselesaikan hingga akhir tahun ini,” kata Bupati Adi Gunawan ketika dikonformasi

WARGA Nagari Pagadih Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam siap membebaskan lahan untuk perlebaran jalan tanpa ganti rugi. Karena warga setempat sangat membutuhkan perbaikan dan pelebaran jalan untuk kelancaran akses keluar masuk nagari yang berjarak sekitar 18 kilometer dari tepi jalan raya tersebut. Baik dalam mendistribusikan hasil pertanian mereka, maupun untuk membawa barang-barang kebutuhan masyarakat setempat dari luar. Walinagari Pagadih Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam Aliwar kepada Haluan Jumat (16/12) mengatakan, sekitar 250 kepala keluarga yang memiliki rumah di sepanjang Jalan di Nagari Pagadih siap merelakan tanah mereka diambil untuk pelebaran jalan.

Barcelona, Klub Nomor 1 Dunia

seputar nama Plt Sekda. Adi Gunawan mengatakan bahwa dia sudah mengirimkan surat usulan kepada Gubernur Sumatera Barat untuk penetapan Plh Sekda Martoni dijadikan Plt Sekda Kabupaten Dharmasraya melanjutkan tugas Sekdakab Busra.

YOKOHAMA, HALUAN — Barcelona sukses merengkuh trofi Piala Dunia antar Klub untuk kedua kalinya sepanjang sejarah, usai mengalahkan Santos empat gol tanpa balas. Dengan demikian, Barcelona sukses menjadi klub yang tampil sebagai juara di setiap kompetisi yang diikutinya, mulai dari kompetisi di La Liga tahun lalu, Piala Champions Eropa, dan terakhir Piala Dunia antar Klub 2011. Pada laga yang digelar hari Minggu sore WIB (18/12/2011), Barcelona tampil sangat dominan sepanjang 90 menit laga. Umpan pendek dipadu dengan umpan terobosan menyulitkan Santos untuk membalas.

„ Bersambung ke Halaman 11

„ Bersambung ke Halaman 11

Martoni Diusulkan Sebagai Plt. Sekdakab Dharmasraya DHARMASRAYA, HALUAN — Hingga saat ini posisi Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya masih belum begeser dari Busra sekalipun yang bersangkutan sudah dalam tahanan Jaksa di LP Muara Padang. Untuk menjalankan tugas, ditunjuklah Martoni, sebagai Pelaksanan Harian. “Untuk beberapa keputusan me-

KALAHKAN SANTOS 4-0

PROYEK JALAN DI PALEMBAYAN

Baru Selesai Sudah Amblas

AGAM, HALUAN — Diduga tidak kokoh dan kuat, dam bantalan tebing di jorong Marambuang I, kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, ambruk baru padahal AMBLAS — Proyek Dam Bantalan tebing yang runtuh atau amblas di Marambuang Palembayan dua hari lalu. Padahal proyek tersebut baru saja siap beberapa hari lalu.

„ Bersambung ke Halaman 10

baru beberapa hari saja selesai dikerjakan kontraktornya. Akibatnya, kendaraan roda empat tidak bisa lagi melintas dan roda dua terpaksa dibantu untuk mendorong ketika melintasi jalan yang menghubungkan, Marambuang - Cubadak Lilin Kecamatan Matur, dan Marambuang-Sungai Taleh, Kecamatan Palembayan. Informasi yang diperoleh dari warga setempat Dendi menga-

takan, dam itu runtuh dua hari lalu. Menurut dia mustahil proyek itu bisa runtuh, karena baru saja siap dikerjakan. “Tidak mungkin, proyek yang baru selesai dikerjakan bisa runtuh begitu saja, kalau memang bangunannya kokoh. Tentu saja dengan kenyataan ini, bangunan dam tersebut tidak kokoh,” kata Dendi.

„ Bersambung ke Halaman 11

JON INDRA

DANA GEMPA CAIR

DPKD Sumbar Layani Pengurus Masjid 24 Jam

(17/12), di Padang PADANG, HALUAN— menjelaskan, penBantuan gempa uncairan bantuan untuk tuk rumah ibadah rumah ibadah yang sudah mulai dicairrusak akibat gempa kan sejak Jumat (16/ 2007 dan 2009 ini 12). Para petugas akan berlangsung Dinas Pengelolaan selama sepekan Keuangan Daerah hingga selama Jumat (DPKD) Sumbar (30/12) mendatang. akan melayani penguZUL EVI ASTAR Penerima banrus masjid, musala/ tuan yang berasal surau, gereja, vihara dan kelenteng selama 24 jam. dari daerah yang jauh, tak perlu Kepala DPKD Sumbar Zul Evi Astar kepada Haluan Sabtu „ Bersambung ke Halaman 11


2 UTAMA LINGKAR

Pabrik Pakan Ayam Cocok di Payakumbuh PADANG, HALUAN –– Memasuki usia yang ke 41, Kota Payakumbuh terus berkembang pesat dan semakin mengukuhkan diri sebagai salah satu Kota paling maju perkembangannya di Sumatera Barat. Namun, ada catatan penting yang mesti diRUSDI ZEIN perhatikan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh di masa yang akan datang. Seperti, keberadaan pabrik pakan ternak di Payakumbuh yang belum ada, ujar pengacara asal Payakumbuh, Rusdi Zein, S.H. Seharusnya, sebagai kota produsen ayam potong, Payakumbuh sudah harus membangun pabrik tersebut. Karena keberadaan pabrik itu bisa meningkatkan pendapatan daerah dan semakin membuka lapangan kerja. Ditambah Rusdi, Kota Payakumbuh mempunyai lahan yang cukup luas untuk ditanami jagung, sebagai bahan baku pakan ternak. Tidak itu saja, lanjut Rusdi, Pemko Payakumbuh juga harus melakukan kajian mendalam terkait kebijakan membuat jalan arteri di area pertanian, tanpa disertai larangan mendirikan bangunan disepanjang jalan tersebut. Jika ini tidak dipikirkan secara matang, kebijakan tersebut bukan melancarkan transportasi hasil pertanian tapi malah menghabiskan lahan pertanian yang sangat dibutuhkan. Pemko Payakumbuh juga harus memfokuskan peningkatan sektor ril, terutama pembangunan bidang pertanian, pariwisata, pendidikan dan usaha kecil dan menengah, ungkap Rusdi. (h/nas)

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

DPRD DHARMASRAYA

Saatnya Kinerja Pemkab Dievaluasi SETELAH dua tahun kepemimpinan Adi Gunawan – Syafruddin di Dharmasraya, DPRD meminta agar dilakukan evaluasi total. Kinerja para pimpinan SKPD dipertanyakan DPRD.

DHARMASRAYA, HALUAN — Kinerja Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya harus segera dievaluasi, mengingat kepemimpinan Adi Gunawan – Syafruddin R sudah masuk pada tahun kedua.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Budy Sanjaya yang didampingi Ketua Komisi I Kapidis Rasyid pada Haluan sehabis penetapan APBD tahun 2012. Ia menegaskan bahwa pe-

ngerjaan pembangunan proyek fisik hasil peninjauannya ke lapangan masih banyak yang belum selesai padahal sudah di akhir tahun anggaran. Pembangunan proyek fisik yang banyak terkendala itu kata politisi PDI Perjuangan ini terutama pada Dinas PU dan beberapa SKPD perlu dilakukan pengontrolan yang cukup ketat. Meski ada mekanisme yang harus dilalui, maka mekanisme

yang ditanya Haluan sekaitan dengan pernyataan unsur pimpinan dewan menegaskan bahwa pada bulan Januari 2012 nanti akan ada evaluasi para Kepala SKPD. Dengan tegas Adi Gunawan mengatakan bahwa ia akan melakukan mutasi pejabat pada bulan Januari dan paling lambat bulan Februari 2012. Menurutnya dua tahun kepemimpinanya sudah sewajarnya melakukan evaluasi terhadap pejabat pemegang eselon agar dapat meningkatkan kinerja sesuai dengan harapan dari wakil rakyat. Namun masalah proyek fisik yang dikawatirkan oleh anggota dewan, ia juga menegaskan bahwa proyek fisik akan selesai sesuai dengan waktu yang diharapkan yaitu sebelum tahun anggaran berakhir. Masalah pupuk langka ia akan mempertanyakan kepada Kepala Dinas Perkebunan dan Kepala Dinas Pertanian, berapa jumlah pupuk bersubsidi di Dharmasraya dan siapa saja yang menerima, apabila ada indikasi permainan pupuk subsidi ini maka bupati akan minta aparat kepolisian mengusut hal ini. (h/mdi)

PENYIMPANGAN SUBSIDI

MAS di Ampalu Pessel Dapat Perhatian IAGI

PADANG, HALUAN — Air tanah yang bersumber dari mata air dapat langsung diminum tanpa harus dimasak sampai mendidih. Meski demikian, tidak semua air dari mata air itu dapat diminum tanpa dimasak kecuali air dari sumber Mata Air Sehat (MAS). Dan sejak air keluar dari sumbernya sampai saat diminum tetap terjaga aspek hygienisnya. Dan upaya masyarakat Ampalu, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan yang menemukan sumber mata air yang diyakini dapat diminum tanpa dimasak dulu, seperti diberitakan Haluan Jumat (16/12), merupakan upaya cerdas dalam memenuhi kebutuhan. Namun tindakan ini harus diarahkan dan dikawal agar tidak keliru dalam menerapkannya. Ketua Pengda Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar, Ade Edward kepada Haluan Minggu (18/12), di Padang menyebutkan, mata air di sekitar kawasan gunung api dan bukit barisan dapat dikategorikan sebagai Mata Air Sehat (MAS). Dan MAS ini dapat langsung diminum tanpa dimasak. Untuk itu, masyarakat yang bermukim di pedesaan baik di kaki gunung api maupun di sepanjang bukit barisan dapat memenuhi kebutuhan air minumnya bersumber dari MAS ini. Cara ini sangat ekonomis, hemat energi, ramah lingkungan, terjamin kesinambungan pasokannya asalkan kawasan tangkapan airnya di bagian atas MAS bebas dari sumber-sumber pencemaran bahan pencemar organik maupun anorganik. “Pemanfaatan MAS sebagai sumber air minum sehat tanpa dimasak merupakan local wisdom (kearifan lokal) yang sangat cerdas dan bijaksana, sangat relevan diandalkan untuk masa depan,” kata Ade Edward yang pernah melakukan pemetaan geohydrologi Sumbar pada kurun waktu 1995-1997. Gerakan ini, minum air tanpa dimasak bersumber dari MAS tak hanya sehat dan ekonomis tetapi juga dapat mendorong masyarakat membangun kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup di wilayah masing-masing. Komunitas masyarakat setempat akan merasa sangat berkepentingan untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di wilayahnya. Namun harus dipastikan, kawasan hulu MAS harus bebas dari pemukiman dan industri yang merupakan pencemar kualitas air tanah. Selain itu harus pula diperhatikan kondisi air yang akan dikonsumsi. Masyarakat jangan sekali-kali meminum air bila memiliki salah satu ciri ini, yaitu keruh, berbau, berwarna bila didiamkan dalam beberapa hari serta mengeluarkan gelombang bila didiamkan beberapa saat. (h/vie)

itu harus dijalankan dengan baik, namun menjalankannya itu tidak lamban seperti sekarang ini, akibatnya proyek terlambat dikerjakan, maka kontraktor dikejar waktu pengerjaan akibatnya hasilnya tidak memuaskan. Ia melihat, sewaktu Kabupaten Dharmasraya baru berdiri dengan pemimpin yang baru dipilih oleh rakyat, APBD tahun 2006 ketuk palu sudah pada bulan Juni. Proyek –proyek selesai ditenderkan juga bulan September. Tahun lalu APBD 2011 sudah di sahkan bulan Desember 2010, tapi tender malah bulan September, artinya kinerja SKPD ini bagaimana.” Jangan hanya APBD terlambat disahkan yang menjadi kambing hitam, tapi lihat juga kinerja,” tegas Ketua DPC PDI Perjuangan ini. Sementara Budy Sanjaya mengkritisi masalah pupuk yang selalu menjadi persoalan bagi petani karena pupuk langka. Petani amat membutuhkan pupuk, Ia juga mempertanyakan kemana pupuk bersubsidi hilangnya. Ditempat terpisah Bupati Dharmasraya H.Adi Gunawan

Distributor Pupuk Dikurangi

SALAH seorang petugas sedang mempraktekkan pemangkasan cabang atau ranting tanaman kakao

GERAKAN PEMANGKASAN KAKAO

Produksi Sumbar Perlu Digenjot

PADANG, HALUAN — Produksi kakao Sumbar masih rendah, di bawah 900 kg/ha/tahun, jauh dari potensi produksi yang mencapai 2 - 2,5 ton/ha/tahun. Oleh karena itu untuk meningkatkan produksi kakao petani, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat selain memberikan bantuan bibit unggul kakao, juga melakukan “Gerakan Pemangkasan Kakao”. Gerakan ini terus menerus dilakukan sejak 2008. Bahkan volume kegiatan pemangkasan ini ditingkatkan mengingat bibit –bibit kakao gratis yang sudah diberikan, saat ini sudah banyak yang berproduksi sehingga perlu dipangkas. Kepala Dinas Perkebunan Sumbar, Ir.Fajaruddin kepada Haluan Minggu (18/12), di Padang mengatakan, gerakan Pemangkasan yang dilakukan adalah dengan melatih kelompok tani tentang memangkas kakao secara benar dan mempraktekkannya di lapangan. Sebagian dari petani itu juga diikutsertakan dalam kunjungan lapang ke areal pertanaman kakao milik perusahaan besar seperti PT Inang sari yang ada di Kabupaten Agam. “Kita harapkan, petani dapat belajar tentang budidaya kakao yang benar dan kemudian mempraktekkannya pada tanaman kakao miliknya,” terang Fajaruddin. Selanjutnya kepada masingmasing kelompok tani diberikan bantuan gunting pangkas. Sampai tahun 2011 Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat sudah memberikan bantuan gunting pangkas baik gunting pangkas galah maupun gunting pangkas biasa lebih dari 7500 set gunting kepada lebih dari 300 kelompok tani di Sumatera Barat, terutama

kelompok-kelompok tani pada daerah-daerah sentra produksi kakao seperti Kabupaten Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Tanah Datar, Lima Puluh kota, termasuk beberapa Kabupaten/Kota lainnya. Gerakan pemangkasan kakao ini juga dilakukan oleh Dinas Perkebunan Kabupaten. Sehingga kalau pada tahun 2006 produksi rata rata kakao petani kurang dari 600 ton/ha/tahun, akibat gerakan pemangkasan tersebut rata-rata produksi kakao petani meningkat menjadi 900 ton/ha/ tahun, dan akhir tahun 2011 diharapkan target 1000-1100 ton/ ha/tahun produksi rata-rata kakao petani dapat dicapai. Dikatakan, proses pemangkasan ini amat penting bagi tanaman kakao. Kakao yang tidak dipangkas tidak akan mampu berproduksi sebagaimana potensinya. Kakao yang tidak dipangkas cenderung banyak terserang hama dan penyakit. Kakao yang rimbun umumnya memiliki buah yang busuk, menghitam, sehingga tidak bisa dimanfaatkan lagi. Selain itu kakao yang rimbun juga menjadi sarang hama maupun penyakit. Oleh karena itu pemangkasan akan dapat mengontrol hama dan penyakit tanaman kakao sekaligus produksi kakao meningkat. “Kenapa kakao harus dipangkas? Jawabannya adalah (1) Jika dipangkas, maka cahaya akan masuk, suhu kebun menjadi naik, sehingga bantalan bunga menjadi aktif, bunga muncul dan buah menjadi banyak. (2) Jika dipangkas, maka daun menjadi produktif, nutrin banyak, bunga bermunculan, buah menjadi banyak. (3) Jika dipangkas, maka tata udara kebun menjadi baik, hama dan

penyakit berkurang. (4) Jika dipangkas, maka mulsa/serasah tebal, tajuk menjadi sejuk, populasi serangga penyerbuk tinggi, produksi buah meningkat,” terang Fajaruddin. Jenis-jenis pemangkasan kakao yang dikenal adalah, pemangkasan bentuk, dilakukan pada umur tanaman 8-24 bulan dengan membuang cabang yang lemah dan mempertahankan 34 cabang yang letaknya merata kesegala arah. Selain itu cabang primer sepanjang 50-60 cm dari percabangan (jourquette) juga dibuang ujungnya. Selanjutnya ada pula pemangkasan pemeliharaan, dilakukan dengan membuang cabang-sekunder yang tumbuh terlalu dekat dengan jourquette (jarak 40-50 cm dari jorquette dibuang) dan mengatur cabang-cabang berikutnya agar tidak terlalu rapat. Berikutnya pemangkasan produksi, membuang cabang yang kurang produktif (sakit, cabang gantung, cabang balik, patah, cabang yang ujungnya masuk kedalam,tajuk tanaman didekanya) dan memotong tajuk yang tingginya lebih dari 4 meter dengan tetap menjaga agar tajuk tidak dibiarkan terlalu terbuka Yang harus diingat dalam pemangkasan kakao, adalah jangan memangkas ketika tanaman sedang berbunga lebat atau sebagian besar ukuran buah masih kecil, serta ingat bahwa cabang dan ranting kakao adalah asset untuk produksi buah kakao. Sehingga jangan memotong cabang dan ranting tanpa pertimbangkan yang bijaksana. Informasi lebih lengkap, dapat hubungi Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, 0751 39353. (h/vie)

PADANG, HALUAN — Bisnis pupuk bersubsidi agaknya memang menguntungkan. Tetapi ketika distributornya terlalu banyak, tentunya keuntungan yang diperoleh menjadi sedikit. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, tak jarang terjadi praktek penyimpangan pupuk subsidi yang merugikan petani. Dari berbagai laporan yang masuk, salah satunya adalah praktek penjualan pupuk subsidi di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah atau menjual pupuk subsidi ke daerah lain. Karena itu, jumlah distributor pupuk bersubsidi untuk tahun 2012 akan dikurangi. “Dari Rapat Koordinasi Pengawasan Pupuk Besubsidi yang kita gelar Kamis (15/12) lalu, disepakati untuk mengurangi jumlah distributor. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir penyimpangan dalam distribusinya,” ujar Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar, Syafrizal kepada Haluan Minggu (18/12), di Padang. Pertemuan itu sendiri dihadiri produsen pupuk bersubsidi untuk Sumbar masing-masing PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) dan PT. Petrokimia Gresik serta utusan masing-masing Dinas Pertanian Kabupaten/Kota di Sumbar. Dikatakan, pada 2011 tercatat 56 distributor pupuk urea bersubsidi di Sumbar. Jumlah yang cukup banyak ini menyebabkan tidak terpenuhinya kelayakan usaha dan kinerja distributor. Selain itu keuntungan yang mereka dapat juga amat minim, hanya bisa memenuhi biaya operasional saja. Hal ini dikhawatirkan akan memicu penyimpangan distribusi pupuk subsidi. Untuk mengurangi jumlah distributor pupuk urea ini, pihak produsen akan mengacu kepada kelayakan usaha dan kinerjanya selama tahun 2011. Selain itu, saat penandatanganan kontrak penyaluran pupuk untuk tahun 2012, distributor mesti menyerahkan garansi bank minimal Rp200 juta. Sedangkan calon distributor

2012 yang direkomendasi Pemko/Pemkab masih belum ditetapkan. Diantara distributor yang direkomendasikan itu terdapat distributor yang memiliki kinerja kurang baik, karena diketahui belum mendistribusikan pupuk bersubsidi sesuai dengan prinsip 6 (enam) tepat yaitu tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, waktu dan tepat mutu. “Karena itu, untuk menentukan calon distributor pupuk subsidi tahun 2012, Direksi PT. PIM akan datang langsung ke Sumbar melakukan penilaian waktu dekat ini,” katanya. Untuk penyaluran pupuk subsidi 2012, disepakati pula untuk lebih meningkatkan pengawasannya mulai dari penyaluran ditingkat produsen kepada distributor, distributor pada pengecer dan pengecer kepada petani sehingga pernyimpangan yang selama ini terjadi dapat diminimalisir. Sementara itu, realisasi penyaluran pupuk bersubsidi 2011 sampai bulan November adalah Urea sebanyak 61.115 ton (65,60 persen) dari total alokasi 94.000 ton, ZA realisasinya 14.670 (93,33 persen) dari alokasi 15.00 ton, SP 36 realisasinya 19.675 (78,77 persen) dari alokasi 30.000 ton, NPK Phonska dengan realisasi 45.739 (86,3 persen) dan Pupuk Organik 10.675 (77,90 persen) dari total alokasi 15.000 ton. Stok Mencukupi Terkait keluhan petani yang sulit mendapatkan pupuk urea, kini sudah dapat diatasi. Dari peninjauan di lapangan, persediaan pupuk urea di tingkat pengecer mencukupi. PT. Pupuk Iskandar Muda sudah memasok urea tak hanya dengan kapal laut tetapi juga lewat jalur darat dengan kapasitas 350 ton/hari sampai 400 ton/hari. “Sekarang tidak ada lagi kelangkaan pupuk, produsen PT. PIM sudah memasok urea yang dibutuhkan petani. Hal ini juga tidak terlepas dari koordinasi yang baik dan intensif antara Pemprov Sumbar dengan produsen,” kata Syafrizal yang akrab disapa Jejeng ini. (h/vie)


NASIONAL 3

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

LINGKAR Muhammadiyah Usung Koalisi Sejati JAKARTA, HALUAN — Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, mengatakan koalisi partai yang ada saat ini tidak lagi memiliki pengaruh kuat untuk menjaga stabilitas dalam negeri. ‘’Koalisi partai saat ini hanya bersifat transaksional politis, perlu koalisi sejati,’’ ujar Din Syamsudin di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel). Menurut Din, koalisi sejati adalah gabungan kekuatan pemerintah, partai, LSM, ormas dan juga kelompok agama. Nantinya, koalisi sejati akan berperan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Tokoh agama misalnya ambil bagian dalam hal keagamaan. Untuk me maksimalkan peran pendidikan, maka lembaga atau ormas atau sejenisnya yang masuk dalam koalisi sejati bidang pendidikan itu akan berperan aktif. Intinya, koalisi sejati ini akan lebih baik dari koalisi partai. Dimana koalisi partai yang ada saat ini lebih kepada kepentingan partai politik bukan kepentingan berbangsa dan bernegara,’’ ujarnya. ‘’Semua akan punya peran penting dalam koalisi sejati. Jadi, tidak jalan sendirisendiri.’’ Din menilai pemerintah sekarang lebih cenderung jalan sendiri. Tidak ada strong leadership maupun sifat akomodatif dari para pemimpin. Terkesan mengamalkan politik untuk politik dan kekuasaan untuk kekuasaan. Alhasil, lanjut Din, kepentingan yang fundamental bagi negara dan bangsa malah cenderung terabaikan. Sikap inilah yang menurutnya membuat bangsa Indonesia tidak siap untuk bersaing dengan negara lain. (ant)

6 Gunung Berapi Berstatus Siaga JAKARTA, HALUAN — Pusat Vulkanologi, Meteorologi, dan Geofisika menaikkan status Gunung Ijen di Jawa Timur dari waspada menjadi siaga, terhitung sejak Minggu 18 Desember 2011. Kenaikan status ini seiring dengan peningkatan aktivitas vulkanologi di gunung yang terletak di dua kabupaten, Bondowoso dan Banyuwangi, itu. Penetapan status Ijen ini menyusul lima gunung yang dinyatakan siaga sebelumnya, yakni Gamalama, Papandayan, Karangetang, Lokon, dan Krakatau. Sebelumnya, lembaga ini menyatakan ada 18 gunung berstatus waspada. Belasan gunung itu adalah Sundoro, Anak Ranakah, Tambora, Lewotobi Laki-laki, Soputan, Ibu, Lewotobi Perempuan, Merapi, Bromo, Dieng, Gamkonora, Sinabung, Talang, Kerinci, Semeru, Sangeangapi, Dukono, dan Sorik Marapi. Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyebutkan kenaikan didasari hasil pengamatan kegempaan, visual, kandungan gas berbahaya, suhu, dan perubahan warna air danau kawah serta analisis data vulkanik lainnya. “Karenanya, pemerintah merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Kawah Ijen, termasuk pengunjung, wisatawan, dan penambang belerang, tidak diperbolehkan melakukan pendakian hingga radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Ijen,” katanya. (ti)

JAKARTA, HALUAN — Proses evakuasi korban kapal imigran Timur Tengah yang tenggelam di perairan Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sampai Minggu dini hari berlangsung lambat akibat terhambat cuaca ekstrem dan gelombang tinggi. Sampai saat ini masih ada sekitar 217 penumpang yang masih hilang atau belum ketahuan nasibnya di laut lepas.

Ada Pelanggaran HAM di Mesuji JAKARTA, HALUAN — Ini pelanggaran HAM berat. Penembakan warga Mesuji, Jaelani (45 tahun), hingga tewas masuk pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Jaelani tewas pada peristiwa kerusuhan di areal sawit PT Barat Selatan Makmur Investindo (BSMI), Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Mesuji, Lampung, pada 10 November lalu. LBH mendesak kapolri mengusut tuntas pelaku penembakan dan pihak yang bertanggungjawab saat kerusuhan berlangsung. “Ini pelanggaran HAM berat,” kata Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandar Lampung, Indra Firsada SH, Ahad (20/11). Indra, yang juga tergabung dalam Aliansi Solidaritas untuk Masyarakat Mesuji, mengatakan tim yang diturunkan Mabes Polri ke Mesuji harus bekerja secara independen dan professional, serta transparan, dalam mengungkap kasus Mesuji ini. Senada dengan itu, Wakil Ketua Komnas HAM Yosep Adi Prasetyo mengatakan, telah terjadi pelanggaran HAM dalam kasus sengketa lahan di Kabupaten Mesuji, Lampung. “Ada rumah warga yang di-han-curkan. Itu kan pelanggaran HAM,” katanya kepada Rakyat Merdeka, di Jakarta, kemarin. Menurutnya, warga-warga di Mesuji, Lampung saat ini tinggal di tenda-tenda, anak-anak tidak sekolah, dan masyarakat susah mendapatkan penghasilan. “Harus dibedakan kejadian kekerasan di Mesuji, Lampung dengan Mesuji, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Di Lampung terjadi karena sengketa lahan antara warga sekitar dengan perusahaan PT Silva Inhutani,’’ paparnya. Sedangkan Anggota Komisi III DPR, Trimedya Panjaitan, menduga ada makelar tanah yang bermain di Kebun Sawit, Mesuji, Lampung. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini pun meminta agar tim dari pemerintah dan DPR memperhatikan hal tersebut.”Pasti di semua kasus pertanahan ada. Porsinya berapa,semntara masih melihat. Tapi yang paling penting turun temurun. Itu harus dilihat,”ujar Trimedya, usai berbicara di sebuah acara diskusi di Jakarta, Ahad.

Sementara untuk kemungkinan pemilik tanah dari warga asli, ujar Trimedya, sulit ditunjukkan bukti kepemilikannya. Trimedya mengungkapkan warga asli tidak mungkin memiliki uang untuk mengurus tanah. Bahkan sekadar mengukur luas tanah, ujarnya, sudah menelan biaya yang cukup besar. Selain itu, Trimedya menyayangkan sikap Komisi Nasional Hak Asasi Manusia yang tidak lebih dahulu melaporkan temuannya ke Komisi 3. Sehingga, permasalahan pembantaian yang bermula dari konflik lahan tersebut bisa diselesaikan. RI. ”Saya juga heran kena barang ini tidak meledak di Komnas HAM. Kenapa justu di DPR,” ujar Trimedya. Sedangkan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Pramono Edhie Wibowo, memastikan tidak ada anggota TNI Angkatan Darat yang terlibat dalam tragedi berdarah di Kecamatan Mesuji Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, dan Kabupaten Mesuji, Lampung. “Itu tidak ada,” ujar Parmono saat ditemui di sela peringatan Hari Bela Negara di kantor Kementerian Pertahanan, Ahad, 18 Desember 2011. Pramono sejauh ini belum menerima laporan keterlibatan TNI AD di Mesuji. Dia juga membantah keterlibatan satuannya dalam pengamanan di perusahaan mana saja, termasuk di Mesuji. “TNI AD harusnya tidak terlibat dalam pengamanan perusahaan,” ujarnya. Pramono akan menunggu hasil investigasi. Jika dari laporan investigasi ternyata memang ada aparat TNI AD yang terlibat, dia akan memberi sanksi tegas. “Kalau tentara ada yang terlibat, tentu akan ditindak.” Selain itu, ia mendukung penegakan hukum yang seadiladilnya jika terbukti ada pelanggaran HAM yang terjadi di dua kawasan Mesuji. Sanksi itu harus diberikan kepada semua pihak yang bersalah. “Tidak hanya TNI, siapa pun yang terlibat itu harus dihukum.” Persoalkan Media

217 Orang Hilang

“Tim Badan SAR Nasional bersama Polisi Air Prigi sejak Sabtu, 17 Desember 2011 sore, sudah bergerak ke tengah laut Trenggalek untuk melakukan penyisiran. Namun mengalami kesulitan karena faktor cuaca ekstrem,” ujar salah seorang penyelamat dari Basarnas Trenggalek, Brian Gautama. Kapal yang tenggelam itu diperkirakan berjarak sekitar

20-30 mil dari batas perairan Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Polisi dan tim SAR telah mengerahkan dua kapal. Namun sudah lebih dari enam jam, dua kapal yang dikerahkan belum kembali. Informasi terakhir yang mereka terima via telepon, satu kapal penyelamat sudah bergerak ke pelabuhan dengan membawa 15 korban selamat.

ANTARA

PERINGATAN BELA NEGARA — Ribuan peserta Bela Negara melalukan gerak jalan bersama saat peringatan Hari Bela Negara di Jakarta, Minggu (18/12). Gerak jalan tersebut bertujuan agar Hari Bela Negara diketahui oleh seluruh Masyarakat Indonesia sekaligus menjadikan Bela Negara sebagai gerakan nasional. eserta dilepas oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono dan Kapolri Timur Pradopo.

Dari Mesuji dilaporkan, tokoh masyarakat Mesuji meminta media meralat penggunaan istilah “pembantaian” dalam pemberitaan sengketa lahan warga dengan pabrik di dua titik wilayah sengketa. “ Nama Mesuji nanti rusak, padahal hanya dua warga yang meningal” kata Harahap, warga Kecamatan Simpang Pematang, Ahad. Protes Harahap mewakili sejumlah warga lainnya, disampaikan kepada Tim Pencari Fakta Komisi Hukum DPR yang beranggotakan enam orang. Mereka yang hadir di pertemuan sore itu adalah Ketua Komisi Hukum DPR Aziz Syamsuddin, Nasir Jamil, Taslim, Syaiful Suding, Ahmad Yani dan Ahmad Basarah. Permintaan itu juga disampaikan kepada jurnalis peliput peristiwa, baik dari media cetak maupun elektronik.

117

sewenang-wenang dalam menggunakan senjata api pada 2011. “Selama 2011, IPW mencatat ‘aksi koboi ada 16 orang tewas dan 69 orang luka tembak. Kita sangat prihatin dengan kesewenang-wenangan polisi dalam menggunakan senjata apinya,” kata Ketua Presidium

IPW, Neta S Pane dalam rilisnya yang diterima Republika, Ahad (18/12). Neta menjelaskan ‘aksi koboi’ yang dilakukan polisi dikategorikan menjadi dua jenis yaitu aksi main tembak dan salah tembak. Aksi main tembak, tambahnya, kerap terjadi di

Klub Anak Sumatra

MEREKA bertungguan, hendak menyampaikan ucapan “selamat”. Aziz pun tertarik dengan hikayat itu. Demikian juga Hayati. Sukar orang yang dapat mempertunjukan suatu cerita yang halus dan mengandung kesenian demikian. Tiba-tiba muncullah pengarang muda itu dari tonil, dia turun ke bawah, diiringkan oleh pemain-pemain disambut oleh penguruspengurus yang menunggu kedatangannya itu, dengan tepuk tangan riuh. Zainuddin yang telah menukar namanya dengan Shabir! Dihadapi orang-orang yang menungguinya itu dengan muka yang tenang dan penuh senyuman. Lenggang badannya, raut mukanya, jernih keningnya, semuanya telah berubah, bukan Zainuddin yang penyedih hati yang dahulu lagi, tetapi Zainuddin yang sabar, tenang, cocok dengan namanya yang baru...Shabir! Dengan senyum disambutnya tangan yang diulurkan orang kepadanya, dipegangnya dan digoyangnya dengan penuh rasa hormat.Tibatiba sampailah kepada Aziz dan Hayati. Muka Hayati pucat sebentar, darahnya tersirap. Dia hendak melihat bagaimana bentuk rupa Zainuddin seketika menentang mukanya dan muka suaminya. Sebab dia ingat betul bagaimana kesedihan anak muda ini seketika menjabat tangannya yang telah

pengembalian tanah warga. Begitu pula dengan bentrok warga di lahan register 45. Dalam perjanjian dengan para tokoh pembentukan Kabupaten Mesuji, peta wilayah register 45 hanya 33 ribu hektar. Tapi kini bertambah menjadi 43 ribu hektar. Padahal, di luar wilayah 33 ribu hektar itu, ada penduduk pribumi, Ketua Komisi Hukum, Aziz Syammsudin menjawab keluhan warga. Ia mengatakan, tim yang terdiri dari para wakil rakyat itu ingin mencari fakta-fakta kasus yang dilaporkan oleh sekelompok orang ke DPR beberapa waktu lalu. Di ruang komisi hukum, sejumlah orang itu memutar video kekerasan. Mereka mengklaim, setidaknya 30 orang terbunuh dalam peristiwa sengketa lahan di Mesuji.”Fakta-fakta ini akan kami bawa ke Jakarta,” kata Aziz. (h/sam/ant/rep/ti)

HARI BELA NEGARA

Adapun satu kapal lagi membawa 12 korban dengan dua di antaranya meninggal. Basarnas maupun jajaran kepolisian sejauh ini hanya mengacu pada keterangan seorang korban selamat bernama Esmat Adine, 24 tahun. Imigran asal Afganistan ini selamat dan memberi keterangan dalam bahasa Inggris kepada polisi. (ti)

Banyak Korban Akibat Tembak

JAKARTA, HALUAN — Indonesia Police Watch (IPW) merilis catatan akhir tahun kinerja Polri pada 2011, khususnya mengenai ‘aksi koboi’ anggota polisi. IPW mencatat sedikitnya 16 orang tewas dan 69 orang luka terkena tembakan akibat anggota polisi yang

Menurut Harahap, kasus yang sesungguhnya adalah sengketa lahan warga di dua titik sengketa. Yaitu sengketa antara warga Nipah Kuning Kagungan Dalam dan Sri Tanjung dengan PT Barat Selatan Makmur Investindo (BSMI). Juga bentrok antara warga penghuni kawasan hutan registrasi 45 dengan PT Silva Inhutani. Warga dari tiga desa yang bentrok dengan aparat saat menjaga pabrik BSMI hanya menuntut hak perkebunan plasma yang dijanjikan perusahaan. Kalau lahan diserahkan,”masalah selesai.” Begitu pula dengan bentrok di kawasan hutan register 45. Atma Jaya, warga Desa Wilalaga bersikap serupa. Menurut Atma, inti persoalan sebenarnya pada sengketa lahan. Jadi, kata dia, solusinya adalah

sekitar wilayah tambang dan kawasan perkebunan. Sedangkan aksi salah tembak, umumnya terjadi saat polisi sedang mengejar pelaku kriminal. Adanya polisi yang tidak professional dalam melakukan penembakan, warga pun menjadi korban. Menurut IPW, berbeda pada saat Orde Baru, Polri dan TNI yang cenderung diperalat penguasa, saat ini Polri dimanfaatkan dan diperalat para pengusaha. (rep)

Perlu Gerakan Kesadaran Nasional

JAKARTA, HALUAN — Kesadaran bela negara harus menjadi gerakan nasional demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Peringatan ‘Hari Bela Negara’ juga menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan demi tegaknya dan terjaganya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro saat melepas peserta gerak jalan memperingati Hari Bela Negara di Jakarta, Ahad. Gerak jalan diikuti sekitar 7.000 peserta dari pegawai Kemhan, TNI, Polri, Veteran Pejuang, instansi pemerintah lainnya, mahasiswa, masyarakat binaan serta kalangan masyarakat umum. Purnomo mengatakan, momentum ini sekaligus untuk mengajak kepada masyakarat untuk menjadikan kesadaran bela negara sebagai gerakan nasional serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa

demi keutuhan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hari Bela Negara Pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2006 menetapkan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara. Keputusan Presiden itu ditetapkan dalam upaya lebih mendorong semangat kebangsaan dalam bela negara dalam rangka mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Tanggal 19 Desember 1948 menjadi salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana pada waktu itu dideklarasikan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang berpusat di Bukittinggi, Sumatera Barat. PDRI dibentuk rakyat yang dipelopori Syafruddin Prawiranegara dalam rangka mengisi kekosongan kepemimpinan Pemerintahan Negara

Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), setelah Presiden dan Wakil Presiden serta sejumlah menteri ditawan oleh Belanda. Namun dalam kondisi amat kritis tersebut, para pemimpin bangsa kala itu mengambil satu keputusan memberikan mandat untuk membentuk Pemerintahan Darurat RI di Sumatera Barat. Jika PDRI tidak ada, mungkin dapat dikatakan Republik Indonesia akan lenyap dalam peta politik dunia. Bahkan, penjajah Belanda waktu itu dengan leluasa mengatakan bahwa pemerintahan Indonesia telah bubar karena pemimpinnya ditawan dan daerahdaerah jatuh ke tangan mereka. Peristiwa bersejarah tersebut memberikan pembelajaran kepada bangsa Indonesia, bahwa membela negara tidak hanya mengangkat senjata, tetapi lebih kepada menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara merupakan hal yang paling hakiki. (rep)

KPK Janji Ungkap Kasus Century

Ilustrasi : Marwan berinai beberapa tahun lalu, yang membawa sakitnya. Hanya sebentar, sekejap mata saja kelihatan perubahan muka Zainuddin melihat kedua suami istri itu, setelah itu hilang tak kelihatan lagi, hilang di dalam senyumannya yang manis. “Oh...Tuan Aziz! Dan...Rangkayo Hayati! Sudah lama tinggal di kota Surabaya ini?” tanyanya sambil membungkukkan kepalanya memberi hormat. “Baru tiga bulan,” jawab Aziz! “Ajaib, sekian lama di Surabaya, baru sekali ini kita bertemu.” ***

JAKARTA, HALUAN — Tim pengawas (timwas) DPR RI untuk kasus Century menunggu janji dari pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyelesaikan skandal yang telah merugikan negara hingga Rp 6,7 triliun tersebut. Anggota timwas kasus Century DPR RI dari fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo mengatakan, tengah menunggu KPK yang berjanji akan mengungkap kasus Century dalam waktu satu tahun. ‘’Mereka berjanji akan ada audit kinerja. Terutama terhadap para penyidik yang melakukan pemeriksaan terhadap kasus Century. Apakah memang ada informasi yang disembunyikan atau disumirkan. Ini janji KPK,’’ katanya, Ahad. Menurut Bambang, KPK juga berjanji untuk melakukan audit terhadap berbagai macam

data yang telah diberikan DPR terkait kasus ini. Malah, ujarnya, setelah reses timwas akan menyerahkan kembali data tersebut ke pimpinan KPK yang baru. Ini lantaran adanya kekhawatiran adanya manipulasi data yang telah diberikan sebelumnya. Pasalnya, selama ini KPK selalu berdalih belum ada cukup bukti untuk penyelesaian kasus Century. Sementara, Bambang menilai dari data yang ada, telah ada bukti yang cukup untuk membawa pihak yang diduga terlibat dalam kasus ini ke pengadilan. Buktibukti tersebut antara lain, surat mantan Menteri keuangan Sri Mulyani Idrawati kepada presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Surat-surat itu di antaranya surat Sri Mulyani selaku Ketua KSSK kepada Presiden Yudho-

yono No: SR-01/KSSK.01/XI/ 2008, tertanggal 25 November 2008 yang ditembuskan ke Sekretariat Negara dan ditandatangani oleh Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonsia waktu itu, Boediono. Surat kedua, tanggal 4 Februari 2009, Sri Mulyani dan Boediono kembali mengirim surat ke Presiden No.SR-02/ KSSK.01/II/2009. Dalam surat tersebut, Sri Mulyani menulis tentang keputusan bailout Bank Century disertai pertimbangan teknisnya. Enam bulan berikutnya, 29 Agustus 2009, Sri Mulyani sebagai Menkeu kembali mengirim surat kepada Presiden Yudhoyono. Selain mengingatkan dua surat sebelumnya, Sri Mulyani juga melaporkan perkembangan terbaru Bank Century. Trimedya Panjaitan dari

fraksi PDI Perjuangan mengatakan, langkah pertama yang akan dilakukan terkait dengan timwas adalah pimpinan DPR akan meminta pimpinan fraksi untuk menentukan siapa anggotanya yang akan duduk di tim ini. ‘’Apakah akan sama atau ada perubahan? Kedua, disepakati dulu dalam pertemuan antara pimpinan DPR dan fraksi itu, timwas ini mau berapa lama? Karena memang dimungkinkan bagi pimpinan DPR untuk menentukan masa waktu alat kelengkapan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Baru setelah itu diatur langkahlangkahnya,’’ papar dia. Fraksi PDI Perjuangan, katanya, berharap kasus ini dapat diselesaikan. Khususnya mengenai pelanggaran hukum yang dilakukan pejabat Bank Indonesia dan pemerintah. (rep/ant)


4 OPINI

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

Haluan Kita Arti HKSN dan HBN Bagi Rakyat Sumbar HARI Kesetiakawanan Nasional yang diperingati pada tiap tanggal 20 Desember bagi Sumatera Barat hampir-hampir tak terbedakan dengan Hari Bela Negara yang jatuh pada 19 Desember. Kedua hari peringatan itu didasarkan pada semangat kesetiakawanan nasional dalam mempertahankan kemerdekaan. Jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial dalam kehidupan bangsa Indonesia pada dasarnya telah ada sejak zaman nenek moyang kita, jauh sebelum kita berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka yang kemudian dikenal dunia sebagai bangsa Indonesia. Jiwa dan semangat tersebut merupakan potensi spiritual dan sekaligus sebagai perekat persatuan dan kesatuan dari seluruh etnik yang kemudian dikenal sebagai bangsa, oleh karena itu kesetiakawanan sosial merupakan nilai yang bermakna bagi setiap bangsa. Jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial tersebut dalam perjalanan kehidupan bangsa kita telah teruji dalam berbagai peristiwa sejarah, dengan puncak manifestasinya terwujud dalam tindak dan sikap berdasarkan rasa kebersamaan dari seluruh bangsa Indonesia pada saat kita menghadapi ancaman dari penjajah yang membahayakan kelangsungan kehidupan bangsa dan pada saat mewujudkan kesejahteraan masyarakat seperti yang dilakukan pada saat ini. Peristiwa bersejarah ini terjadi di seluruh wilayah tanah air, dengan titik kulminasi pada tanggal 20 Desember 1948, sehari setelah tentara kolonial Belanda menyerbu dan menduduki ibukota negara yang pada saat itu Yogyakarta, yang kemudian kita peringati sebagai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). Pada saat itu secara spontan dengan didasari rasa kebangsaan yang tinggi rakyat bersama tentara pejuang kita bahu membahu melawan musuh. Keterbatasan senjata dan amunisi kita tidak mempengaruhi semangat tempur mereka. Dalam keadaan yang demikian sistem senjata sosial menempati arti yang sangat penting dalam membentuk daya juang bangsa menghadapi agresor yang berlipat ganda kekuatan persenjataannya. Seluruh lapisan masyarakat, tua muda, laki-laki perempuan, baik dari kalangan petani, pedagang, pegawai, pelajar dan lainlain bergabung bersatu padu membentuk mata rantai perjuangan. Para petani di desa-desa memberikan dukungan logistik, menampung pengungsi dari kota, menyediakan rumahnya sebagai markas komando gerilya dan bahkan ikut pula berperang. Kaum ibu dan gadis-gadis muda menyelenggarakan dapur umum bagi para pejuang maupun pengungsi, mendirikan pos-pos kesehatan, menjadi perawat dan bahkan ikut berjuang sebagai laskar. Mereka yang tidak mampu berperang, turut mambantu dengan menyediakan dukungan logistik dan permakanan dengan apa saja yang mereka miliki dengan ikhlas dan tulus hati, seperti menyediakan kendi berisi air minum, nasi bungkus, jagung dan umbi-umbian yang mereka miliki. Para pelajarpun ikut bertempur, mulai sebagai kurir, menjadi petunjuk jalan, membentuk laskar pelajar bahkan menjadi mata-mata pejuang kita. Sejarah telah membuktikan bahwa Bangsa Indonesia tetap jaya dalam menghadapi berbagai gangguan dan ancaman berkat semangat kesetiakawanan sosial yang tinggi. Oleh karena itu semangat kesetiakawanan sosial nasional harus senantiasa ditumbuh kembangkan, direvitalisasi, didayagunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh bangsa Indonesia melalui berbagai kegiatan, termasuk memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tersebut. Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dilaksanakan setiap tanggal 20 Desember tersebut merupakan upaya untuk mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia yang secara bahu membahu mempertahankan kedaulatan bangsa atas pendudukan kota Yogyakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia oleh tentara Belanda pada tahun 1948. Di Sumatera Barat, makna ini terpateri pada sejarah Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Hari lahirnya PDRI tanggal 19 Desember sejak tiga tahun terakhir ditetapkan oleh Presiden SBY sebagai Hari Bela Negara (HBN). Dengan demikian ada dua hari peringatan yang waktunya sangat berdekatan. Pertama HKSN dan kedua HBN. Karena HKSN tahun ini dipusatkan di Sumatera Barat, maka kedua hari peringatan ini juga memiliki arti yang khusus bagi Sumatera Barat. Hari Kesetiakawanan Nasional adalah pengejawantahan dari sikap pengertian, kesadaran, keyakinan tanggung jawab dan partisipasi sosial sesuai dengan kemampuan dari masingmasing warga masyarakat dengan semangat kebersamaan, kerelaan untuk berkorban demi sesama, kegotongroyongan dalam kebersamaan dan kekeluargaan. Kedua-dua perjuangan inilah yang melibatkan langsung rakyat. Sehingga sering disebut perjuangan rakyat. Jalian semangat untuk mencapai tujuan bersama lahir begitu saja tanpa pamrih apa-apa dari setiap anak bangsa di Jawa dan di Sumatera Barat. Memaknai HKSN dan HBN tahun ini, seyogianya kita tidak hanya sekedar beromantis-romantis sambil mengenang-ngenang masa lalu nan heroik itu. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana merevitalisasi nilai-nilai dari HKSN dan HBN yang sama-sama tumbuh dari nilai sebuah kebersamaan dalam perjuangan.***

„ Anas Urbaningrum: kasus Mesuji jangan dipolitisasi „ Oke, tapi jangan pula dipetiesasi „ Kata Ketua DPR RI, sulit mengumumkan nama anggota DPR pembolos „ Bertele saja ketua namanya tu

Haluan Aspirasi

081268151855/ 08163253248

Jalan By Pass Parah Sekali WADUH, saya terkejut ketika melewati jalan by pass Padang, terutama di daerah Pegambiran menuju Teluk Bayur. Bayangan saya, jalan di kota itu mulus. Kenyataannya, sangat jauh dari apa yang ada di benak saya. Karena jalan rusak dan lubangnya besar, hingga untuk melewatinya kendaraan harus antre. Kendaraan lewat satu persatu. Di sepanjang pinggir jalan itu saya lihat truk-truk besar parkir, sebagian ada juga yang sedang jalan. Dalam pikiran saya, truk-truk inilah yang membuat jalan rusak. Tapi, truktruk itu juga penting untuk membawa kebutuhan masyarakat. Karena itu saya usulkan kepada pemerintah supaya kelas jalan negara kita ini ditingkatkan kualitasnya. 08537614XXXX

Terbit Sejak 1948 Pendiri H. Kasoema

Penerbit: PT Haluan Sumbar Mandiri (Haluan Media Group). SIUPP No 014.SK.Menpen.SIUPP A.7 1985 tanggal 19 November 1985.

Siaga Bencana untuk 7 Daerah , Now or Never! OLEH:

Eko Yanche Edrie Sekretaris PWI Sumbar

Jargon ‘tsunami’ menjadi sangat populer sejak peristiwa gempa dahsyat di Aceh meluluhlantakkan Serambi Mekah di ujung Sumatera tahun 2004 itu. Sejak itu pula kata tsunami menjadi makin populer terutama bagi masyarakat sepanjang garis pantai di seluruh Indonesia. Sejak itu pula berbagai kajian dan implementasi kajian diterapkan untuk mengantisipasi bencana alam yang bisa mendatangkan korban jiwa dalam jumlah besar tersebut. Tsunami (bahasa Jepang; tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti “ombak besar di pelabuhan”) adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut. Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Di laut dalam, gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 5001000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami. Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuhtumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta

menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih. Sejarawan Yunani bernama Thucydides merupakan orang pertama yang mengaitkan tsunami dengan gempa bawah laut. Namun hingga abad ke20, pengetahuan mengenai penyebab tsunami masih sangat minim. Penelitian masih terus dilakukan untuk memahami penyebab tsunami. Teks-teks geologi, geografi, dan oseanografi di masa lalu menyebut tsunami sebagai “gelombang laut seismik”. Beberapa kondisi meteorologis, seperti badai tropis, dapat menyebabkan gelombang badai yang disebut sebagai meteor tsunami yang ketinggiannya beberapa meter di atas gelombang laut normal. Ketika badai ini mencapai daratan, bentuknya bisa menyerupai tsunami, meski sebenarnya bukan tsunami. Gelombangnya bisa menggenangi daratan. Gelombang badai ini pernah menggenangi Burma (Myanmar) pada Mei 2008. Wilayah di sekeliling Samudra Pasifik memiliki Pacific Tsunami Warning Centre (PTWC) yang mengeluarkan peringatan jika terdapat ancaman tsunami pada wilayah ini. Wilayah di sekeliling Samudera Hindia sedang membangun Indian Ocean Tsunami Warning System (IOTWS) yang akan berpusat di Indonesia. Di Sumatera Barat (Padang, Pessel, Pariaman, Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Agam Barat) isu tentang tsunami senantiasa bagai gelombang turun dan naik. Ketika gempa berkepanjangan terjadi, isu itu meningkat. Tapi ketika gempa sudah reda, isu itu perlahan menyurut. Gempa 30 September 2009 yang bermagnitude sampai skala 7,9 menyentak kembali

kesadaran seluruh Pemda di kawasan Pesisir tentang tidak bolehnya dianggap main-main rencana-rencana antisipasi dampak gempa. Rencana tentang antisipasi dampak gempa di Padang khususnya sebagai ibu provinsi Sumbar sampai detik ini masih tinggal wacana. Saya sebut wacana karena belum menjadi cetak biru yang dapat dijadikan kerangka acuan bagi semua aktifitas pembangunan di Kota Padang. Dua tahun lalu selepas gempa dahsyat 2007, Walikota Fauzi Bahar berdiskusi dengan para wartawan di gedung PWI Sumbar. Tapi kita menilai itu bukan berdiskusi, hanya mengintroduksi wartawan untuk tidak menulis hal-hal menakutkan tentang gempa. Padahal banyak wartawan dalam pertemuan itu mengusulkan segeralah Pemko Padang menyusun satu skenario besar mengantisipasi dampak bencana (lepas dari benar atau tidaknya gempa dengan skala lebih besar masih mengancam daerah ini) Dalam RPJP dan RPJM Padang maupun Sumatera Barat belum termaktub secara lebih spesifik bagaimana rencana ke depan penanggulangan dampak bencana. Di tingkat suprastruktur yang baru dibuat adalah kelembagaan semacam Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Ada cara berpikir yang mesti kita ubah. Yakni ketika isu gempa dan tsunami dibeberkan di koran-koran, ada yang keberatan. Dianggap itu menakutkan. Ketika ada desakan membuat jalur evakuasi dianggap itu sebagai kabar yang menakut-nakuti warga. Cara berpikir seperti itu perlu kita luruskan. Bahwa yang terpenting adalah bagaimana proses edukasi dijalankan Pemerintah di sepanjang pantai barat (7 Kabupaten/Kota termasuk Mentawai) kepada warganya. Informasi gempa dan tsunami bukan untuk menakuti, tetapi pembelajaran bagaimana masyarakat dapat hidup dalam kewaspadaan yang wajar. Bagaimana masyarakat bisa berdampingan dengan bencana (yang tentu saja tidak mungkin untuk dilawan) Ini yang belum dilaksanakan di Padang. Di Kota Padang , jalur

evakuasi menuju kawasan lebih tinggi saat ini sangat jauh dari cukup. Ruas jalan yang ada saja lebarnya masih kurang. Jalur yang ada adalah di pusat kota via Jembatan Andalas, via AlaiAmpang, via Siteba. Untuk kawasan Air Tawar via Tunggul Hitam, evakuasi untuk Tabing sekitarnya via Simpang TabingIkur Koto, Koto Tangah Lubuk Buaya, via Simpang Lalang, via Simpang Kalumpang dan via SMA 7. Untuk kawasan Mata Air, Muara, Pondok, Teluk Bayur dan sekitarnya masih tersedia kawasan ketinggian di Gunung Padang. Tetapi setelah melihat kenyataan tanggal 30 September lalu, sungguh sesuatu yang memilukan sedang di depan mata kita. Ketika orangorang berlarian (jalan kaki dan berkendara) menuju jalan Padang bypass, hampir 80 persen terjebak macet total. Kalaupun waktu itu memang ada tsunami, niscaya semua yang sedang terperangkap macet itu habis ditelan gelombang laut yang menurut teorinya berkecepatan tinggi itu. Jika Pemerintah Kota hendak melindungi warganya dengan mengandalkan jalur evakuasi, maka tak ada alasan (to be or not to be) untuk tidak mempercepat perluasan jalan evakuasi. Dari hanya lebar 10 meter menjadi jalan dengan lebar sampai 20 meter. Selain itu jalur yang ada harus ditambah terutama antara jalan Tunggul Hitam dengan Simpang Tabing. Di kawasan ini perlu ditambah satu jalur lagi mengingat padatnya penduduk yang tinggal di kawasan Tabing sampai Air Tawar. Kalau perlu jalannya melintas di Bandara Tabing (dan hanya dibuka kalau terjadi gempa) Hal yang sama kita belum mendapat ekspose yang lebih luas tentang bagiamana keadaan di Pesisir Selatan, di Mentawai, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Agam Barat dan Pasaman Barat. Dari diskusi pekan lalu di Harian Haluan, terungkap bahwa ada 1,2 juta warga yang teracancam tsunami di ketujuh Kabupaten/Kota itu. Para peserta diskusi bahkan mendesak agar Pemprov Sumbar bersama dengan tujuh Kabupaten/Kota lainnya bersungguhsungguh menjadikan mitigasi bencana, antisipasi dampak serta edukasi warga meng-

hadapi bencara berikut membangun berbagai infrastruktur penanggulangan dampak harus menjadi skala prioritas. Misalnya, seperti di Jepang, tsunami diantisipasi dengan membangun shelter atau bangunan kosong di daerah-daerah pantai. Shelter itu dibangun setiap 200 meter, dan bisa menampung 100 sampai 200 orang. Bangunan dengan beton kuat dan fondasi baja serta tiang yang banyak. Bangunan itu dibuat setinggi 20 meter, lantai bawah dibiarkan tidak berdinding, sedang lantai atas hanyalah pelataran kosong. Shelter akan berguna untuk tempat evakuasi penduduk yang tidak bisa lari lebih cepat menuju kawasan yang lebih tinggi. Warga yang mengevakuasi diri ke shelter bisa bertahan sampai air laut kembali surut setelah setengah sampai satu jam. Antisipasi yang lain yang mesti dilakukan oleh Pemda dan masyarakat adalah menyediakan baju pelampung di setiap rumah sebanyak penghuninya. Baju itu bisa ditanggung seluruhnya oleh masing-masing Pemda atau disubsidi. Dengan adanya pelampung, maka jatuhnya korban yang tak bisa berenang diseret air bisa berkurang. Minimal mereka masih tetap terapung sampai regu penolong menemukan. Rasanya ini tidak terlalu sulit untuk ketujuh Kabupaten/Kota serta Pemprov Sumbar. Antisipasi berikutnya adalah mulai mengalihkan aktifitas ekonomi dan sosial ke kawasan yang lebih tinggi. Konsekwensinya secara bertahap dalam APBD masing-masing daerah sudah harus ada alokasi dana resettlement secara terus menerus sampai semua penduduk di kawasan pantai bisa dipindahkan ke kawasan yang lebih aman. Kelak kawasankawasan yang ditinggalkan penduduk boleh menjadi milik Pemerintah untuk dipakai bagi keperluan wisata kota tua. Nah sekarang tinggal bagaimana Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) bersikap, mau menunggu dulu gempa besar atau segeralah dari sekarang mengantisipasinya. Doa dan Asmaul Husna, iya juga, tetapi ikhtiar menghindari bencana juga tidak dilarang Allah. Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Now or never!

Melawan Korupsi, Berharap pada KPK

OLEH:

Suriani Mappong

(LKBN Antara)

KASUS dugaan korupsi di negara ini terus bertambah dari tahun ke tahun, mulai dari kasus berskala kecil hingga besar dengan melibatkan figurfigur publik. Kasus korupsi di segala lini sudah terkesan membudaya dan menjadi kebiasaan oknum di lembaga pemerintahan dan swasta. Padahal, lembaga-lembaga pemberantasan korupsi telah tumbuh subur, ibarat jamur di musim hujan. Bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lahir ditengah sikap frustrasi masyarakat terhadap lembagalembaga hukum di negeri ini, belum mampu berbuat banyak untuk menekan kasus korupsi. Kini, komisioner KPK yang diketuai Dr Abraham Samad sudah dilantik yang nota bene sudah harus melakukan tugas dan fungsinya sebagai bagian dari komponen penegakan hukum dan demokrasi di Indonesia. “Saya siap membawa spirit almarhum Baharuddin Lopa (mantan Kajagung) yang dikenal tanpa mengenal lelah dan waktu untuk melakukan

pemberantasan korupsi,” kata Abraham pekan silam. Alumni Fakultas Hukum Pascasarjana Universitas Hasanuddin ini berjanji akan sepenuhnya mengabdikan diri untuk memberantas kasuskasus korupsi, bukan hanya di permukaan saja. Karena itu, nasehat dan saran-saran dari tokoh-tokoh masyarakat dan akademisi dinilai sangat bermanfaat untuk mengawali langkahnya ke depan sebagai ketua KPK. Sementara itu, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Prof Dr Aswanto mengatakan, masyarakat menyimpan harapan pada Abraham untuk memberantas korupsi yang sudah seperti lingkaran setan. Abraham yang berlatar belakang sebagai pengacara dan aktif pada LSM Anti Corruption Commetee (ACC) di Sulsel dikenal memiliki kredibilitas yang baik dan diharapkan dapat menjadi pedoman memimpin KPK. Meskipun banyak yang menyangsikan kemampuan Ketua KPK jilid III ini,

namun secara umum masyarakat masih memiliki harapan jika ketua KPK mampu membawa timnya untuk memberantas kasuskasus korupsi yang sudah merugikan keuangan negara. Tantangan berat yang dihadapi ketua ataupun komisioner KPK adalah kasus dugaan korupsi yang dibalut dengan unsur politis. Beban moral sebagai ketua KPK bersama komisioner lainnya adalah menghadapi persoalan politik. Karena itu, dukungan dari elemen-elemen politik tidak dapat diabaikan. Variabel eksternal yang dapat mempengaruhi kinerja KPK jilid III ke depan, berkaitan erat dengan variabel internal KPK sendiri. Karena itu, hambatan apapun tidak akan jadi masalah, sepanjang tim KPK solid dan hal itu menjadi tugas utama Ketua KPK Abraham. Tantangan lain yang menghadang kinerja KPK kedepan adalah menghadapi oknum yang “kebal” hukum yang tidak lagi menghiraukan aturan. Wajar kiranya, jika masyarakat berharap banyak dari kinerja KPK jilid III agar lebih baik dari kinerja tim KPK sebelumnya. Apalagi untuk menghadapi kasus-kasus korupsi berskala

besar seperti yang dilansir sebagian besar media elektronik yakni kasus Century, Gayus Tambunan (kasus penggelapan pajak) dan indikasi korupsi di perusahaan tambang PT Freeport. Salah satu “bekal” ‘yang merupakan pesan dari yang disampaikan tokoh masyarakat Sulsel bagi putra daerahnya Abraham adalah agar menjauhi kehidupan glamor atau bermewah-mewahan. “Jangan mengikuti pola hidup pejabat-pejabat atau pemimpin KPK sebelumnya yang gemar main golf atau tennis, karena di tempat itu banyak godaannya,” kata tokoh masyarakat Sulsel Hamid Basmah. Ini menarik, karena selain harus menghindari olahraga glamor yang bayarannya mahal, juga harus berhati-hati menghadiri undangan di restoran dan hotel mewah. Tempattempat startegis itu dinilai berpeluang terjadinya “bargaining” atau kompromikompromi dalam menjalankan tugas pemberatasan kasus-kasus korupsi. Nasehat dari tokoh-tokoh masyarakat Sulsel kepada Abraham yang merupakan putra Sulsel harus menjadi masukan positif untuk menjani tugas di KPK. Sosok Abraham

yang sederhana dan sudah menggeluti dunia hukum 20 tahun terakhir, diharapkan dapat menjadi pendorong untuk memajukan kinerja KPK ke depan. Berkaitan dengan hal tersebut, kalau sebelumnya Abraham memiliki nyali hanya satu kali, maka setelah menjadi ketua KPK harus memiliki nyali tiga kali lebih besar. Apalagi menghadapi koruptor kelas kakap yang memiliki seribu satu cara untuk meloloskan diri, termasuk “membeli” hukum. Kini, genderang telah ditabuh sebagai pertanda awal kerja bagi tim KPK jilid III yang dinakhodai Abraham. Dia dan komisioner lainnya diantaranya Bambang Widjojanto dan Busyo Muqaddas harus menjadi tim yang solid untuk menghadapi setumpuk pekerjaan rumah yang disisakan pendahulunya, maupun menghadapi kasus baru berikutnya. Harapan masyarakat, KPK jilid III jangan mau dipecahbelah. Siapkan “pedang keadilan” untuk membabat para koruptor dan ketidakadilan, sehingga citra KPK dapat diraih. Selamat bekerja tim KPK, jangan sia-siakan kepercayaan yang dibebankan di pundakmu.***

Pemimpin Umum: H. Basrizal Koto, Pemimpin Redaksi: Zul Effendi, Pemimpin Perusahaan: Irfan Jasri, Wakil Pemimpin Redaksi: Eko Yanche Edrie, Dewan Redaksi : H. Hasril Chaniago (Ketua), Zul Effendi, Eko Yance Edrie, Ismet Fanany MD, Nasrul Azwar, Redaktur Pelaksana: Ismet Fanany MD, Nasrul Azwar, Sekretaris Redaksi: Silvia Oktarice, Koordinator Liputan: Rudi Antono, Koordinator Liputan Daerah: Syamsu Rizal, Redaktur: Aci Indrawadi, Afrianita, Atviarni, Dodi Nurja, Nova Anggraini, Perdana Putra, Rahmatul Akbar, Reporter Padang: Gusni Yenti Putri, David Ramadian, Gustedria, Haswandi, Andika Destika Khagen, Ade Budi Kurniati, Suswinda Ningsih, Mice Angelasari, Devi Diani, Defil, Nasrizal, Meidella Syahni Koresponden: Syamsuardi S, Jon Indra, Ridwan (Bukittinggi), Dedi Salim, Trisnaldi (Pariaman/Padang Pariaman), Zulkifli, Syafril Nita, Sri Mulyati, M Siebert (Payakumbuh/Limapuluh Kota), Atos Indria, Ahdi Susanto, Welina (Pasaman), Miazuddin, Kasra Scorpi (Agam), Iwan DN, Darwin Danin, Maison (Padang Panjang), Yuldaveri, Emrizal, Aldoys (Tanah Datar), M. Junir, Gusmizar (Pasaman Barat), Sabrul Bayang, M. Joni, Haridman (Pesisir Selatan), Syamsuardi Hasan, Riswan Jaya, Alfian, Almito, Marnus Chaniago (Kabupaten Solok/Kota Solok), Icol Dianto (Solok Selatan), Alamsyah Halim, Fadilla Jusman (Sawahlunto), Azneldi (Sijunjung), Ferry Maulana (Dharmasraya), Biro Jakarta: Syafruddin Al (Koordinator), Syafril Amir, Jamalis Jamin, Surya, Biro Riau: M. Moralis Biro Kepri: Yon Erizon Tim Kerja Usaha: Isbadri Bakri (Koordinator Sirkulasi), Nofriza Zaniyar, Alfarino Ikhsan (Koordinator Promosi), koordinator Iklan : Yunasbi, Tata Letak/Desain: Syafrizal (Koordinator), Nurfandri, Rahmad Doni, Rahmi, David Fernanda, HRD : Desmasari, Umum : Nurmi Jamal, Keuangan : Bedhendri, Kasir : Desy, TI : Teguh, Pra Cetak : Sawal Marjuni.HRP, Mai Hendri, Syamsul Hidayat, Cetak : Mardianto (Koordinator), Elvin Devino, Afandi, Rudi Kurniawan, Prasetyo, Jecky Jekcson. Alamat Redaksi/Bisnis: Komplek Bandara Tabing, Jl Hamka Padang. Telp. (0751)4488700, 4488701, 4488702, 4488703, Fax (0751) 4488704 Email: redaksi_haluan@yahoo.com, website: http/harianhaluan.com, Kantor Jakarta: Graha Basko, Jln. Kebun Kacang XXIX No.2A Jakarta Pusat 10240. Telp. (021) 3161472, 3161056 Fax. (021) 3915790, Harga Langganan/iklan: Harga langganan bulanan dalam kota Padang Rp57.000, Harga eceran Rp2.500,- Tarif iklan: FC: Rp25.000/mm kolom, Produk BW: Rp 10.000/mmkolom, Spot Colour: Rp20.000/mmkolom, Display: Rp 10.000/mmkolom, Sosial BW: Rp 8.000/mmkolom, Sosial FC: Rp 15.000/mmkolom, Iklan Mini(Max 1kolom X50mm) Rp 100.000/1 kali muat, Iklan Baris: Rp 10.000/baris Bank: BRI Cabang Padang Rek No: 0058-01-001430-30-8, Bank Nagari Cabang Utama Padang Rek No: 1008.0103.00009.1 PT Haluan Sumbar Mandiri Dicetak oleh Unit Percetakan PT Haluan Sumbar Mandiri Padang. Klik http://www.harianhaluan.com


SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

CR7 Kembali ke Track

SEVILLA, HALUAN — Cristiano Ronaldo yang dibiasa digadang-gadang dengan sebutan CR7 kembali di puja. Padahal, pekan lalu, CR7 sempat dicibir saat bermain buruk di laga El Clasico karena dinilai egois. Dari giornata ke 16 yang mulai berlangsung sejak tadi malam, pemain berkebangsaan Portugal ini mencetak hattrick Gol-gol nya Ini mengantarkan El Real kembali ke puncak. Selain itu, tiga gol itu juga mengantarkan CR7 sebagai el pecici La Liga, dengan 19 gol meninggalkan seterunya, Lionel Messi. Real Madrid kembali naik ke puncak klasemen La Liga Primera. Hasil tersebut didapat setelah El Real memetik kemenangan besar 62 dalam lawatan ke Sevilla, di mana Cristiano Ronaldo mencetak tiga gol. Tiga poin dari lawatan ke Sevilla ini membuat Madrid total punya 40 poin dari 16 pertandingan. Skuad besutan Jose Mourinho unggul tiga poin atas Barcelona dengan jumlah pertandingan sama.

Kemenangan ini sekaligus menjadi kebangkitan kembali buat Iker Casillas cs. Pekan lalu Madrid dipaksa menelan malu saat tunduk dalam laga El Clasico di kandang sendiri. Selain tiga gol yang dibuat Ronaldo di menit 10, 41 dan 86, gol tim tamu lainnya datang dari Callejon di menit 37 dan Angel Di Maria pada menit 66. Sementara dua gol Sevilla hadir dari Jesus Navas dan Alvaro Negredo. Wasit mengeluarkan dua kartu merah dalam laga ini masing-masing untuk Pepe di kubu Madrid dan Manu Del Moral di pihak Sevilla. Madrid sudah membuka keunggulan melalui Ronaldo saat pertandingan berjalan baru berjalan 10 menit. Di Maria punya peran besar dalam terjadinya gol ini setelah umpan terobosan yang dia lepaskan

membelah pertahanan Sevilla. Tinggal berhadapan dengan kiper, CR7 tanpa kesulitan menjebol gawang tuan rumah. Dua menit berselang Sevilla nyaris menyamakan kedudukan. Berdiri di tiang jauh De Moral menyepak bola yang melintas di depannya saat berjarak hanya beberapa meter dari gawang. Namun Casillas membuat penyelamatan gemilang dengan menghalau si kulit bundar ke luar lapangan. Madrid baru bisa menggandakan keunggulan melalui Callejon di menit 37. Kembali Di Maria punya peran sebagai pemberi assist dengan umpan terukur yang dia lepaskan. Sebuah sontekan kecil Callejon saat tinggal berhadapan dengan kiper Sevilla mengubah kedudukan menjadi 2-0. Empat menit berselang skor berubah menjadi 3-0. Ronaldo mencetak gol indah saat sepakan jarak jauhnya melengkung ke sisi kanan dan masuk ke gawang. Namun semenit sebelum turun minum Madrid dapat pukulan menyusul kartu merah yang

didapat Pepe. Wasit memberi Pepe kartu kuning kedua karena mengangkat lengannya ke arah wajah Negredo. Setelah sempat mengancam di awal babak kedua, Sevilla yang punya pemain lebih banyak justru kembali kebobolan. Lewat serangan balik yang cepat, Di Maria menjebol gawang tuan rumah untuk menambah keunggulan menjadi

4-0. Namun tiga menit kemudian Sevilla mampu memperkecil ketinggalan. Sepakan mendatar Jesus Navas ke arah tiang jauh gagal digapai Casillas dan mengubah skor menjadi 4-1. Sevilla benar-benar gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain yang dimiliki. Bukannya menambah gol mereka justru ikut kena kartu

merah, Manu Del Moral langsung diacungin kartu merah oleh wasit karena menekel dari arah belakang Di Maria oada menit 74. Ronaldo kemudian melengkapi performanya dengan mencetak hat-trick di menit 85. Gol ketiganya tersebut tercipta dari titik putih, menyusul pelanggaran yang dilakukan Fazio terhadap Ka-

rim Benzema. Skor kemudian berubah menjadi 6-1 di menit 89. Hamit Altintop menciptakan gol pertamanya buat El Real setelah dia dapat umpan dari Xabi Alonso.Di periode injury time Sevilla bisa kembali memperkecil kekalahan menjadi 2-6, dari sudut sempit Alvaro Negredo menjebol gawang Casillas. (net)


6 OLAHRAGA 01. Man. City

16 13 2

1

(50-15)

41

02. Man. United

16 12 3

1

(37-14)

39

03. Tottenham

15 11 1

3

(31-18)

34

04. Chelsea

16 10 2

4

(31-17)

32

05. Arsenal

16 9

2

5

(31-24)

29

06. Liverpool

16 8

5

3

(20-13)

29

07. Newcastle

16 7

6

3

(21-19)

27

08. Stoke City

16 7

3

6

(18-25)

24

09.Norwich

16 5

5

6

(25-29)

20

10.Aston Villa

16 4

7

5

(18-21)

19

11. Fulham

16 4

6

6

(18-18)

18

12. Swansea

16 4

6

6

(16-20)

18

13.West Brom

16 5

3

8

(16-24)

18

14.Everton

15 5

2

8

(16-19)

17

15.Queens PR

16 4

4

8

(15-28)

16

16.Sunderland

16 3

5

8

(18-19)

14

17.Wolverhampton 16 4

2

10

(17-30)

14

18.Wigan Athletic 16 3

4

9

(15-30)

13

19.Blackburn

16 2

4

10

(23-36)

10

20.Bolton

16 3

0

13

(20-38)

9

Hasil Pertandingan Sabtu (17/12) dan Minggu (18/12) 2011 Blackburn Vs West Brom Everton Vs Norwich City Fulham Vs Bolton Newcastle Vs Swansea Wolverhampton Vs Stoke City Wigan Athletic Vs Chelsea Queen PR Vs Manchester United Aston Villa Vs Liverpool Tottenham H Vs Sunderland Manchester City Vs Arsenal

15 9

6

0

(27-11)

33

02.AC Milan

15 9

4

2

(33-16)

31

03.Udinese

14 9

3

2

(18-7)

30

04.Lazio

14 8

4

2

(22-11)

28

05.Inter Milan

15 7

2

6

(18-18)

23

06.Genoa

14 6

3

6

(18-18)

21

07.Catania

15 5

6

4

(17-20)

21

08. Napoli

14 5

6

3

(22-14)

21.

09.Palermo

15 6

2

7

(16-18)

20

10.Chievo

15 5

4

6

(13-18)

19

11.Cagliari

15 4

6

5

(12-15)

18

12.AS Roma

14 5

3

6

(16-18)

18

13.Parma

15 5

3

7

(18-23)

18

14.Atalanta

15 5

8

2

(19-18)

17

15.Fiorentina

15 4

5

6

(15-15)

17

16.Bologna

15 4

3

8

(14-22)

15

17.Siena

15 3

5

7

(14-16)

14

18.Cesena

15 3

3

9

(7-16)

12

19.Novara

15 2

5

8

(15-27)

11

20.Lecce

15 2

3

10

(16-29)

9

Hasil Pertandingan SABTU (17/12) DAN MINGGU (18/12) 2011 Chievo Vs Cagliari AC Milan Vs Siena Fiorentina Vs Atalanta Catania Vs Palermo Cesena Vs Inter Milan Genoa Vs Bologna Juventus Vs Novara Parma Vs Lecce Jadwal Pertandingan SENIN (19/12) Lazio Vs Udinese Napoli Vs AS Roma

2 2 2 2 0 2 2 3

-

0 0 2 0 1 1 0 3

Djohar Terancam Dikudeta

JAKARTA, HALUAN — Anggota PSSI yang hadir pada Rapat Akbar Sepak bola Nasional (RASN) di Hotel Pullman, Jakarta, Minggu, menuntut pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) sebelum 30 Maret 2012. Djohar Arifin Husin terancam dilengserkan.

Deklarasi yang dibacakan oleh Ketua Pengprov PSSI DKI Jakarta, Hardi, itu selain mendesak PSSI untuk melakukan KLB, juga meminta kepada federasi sepak bola Indonesia untuk segera menanggapi permintaan dari pemilik suara.

IMBANG — Pemain Semen Padang Vendry Mofu (depan) menggiring bola ditempel ketat pemain Persiba Bantul Wahyu W.A pada pertandingan Liga Primer indonesia (IPL) di Stadion H.Agus Salim Padang, Sumbar, Sabtu (17/12). Semen Padang hanya mampu bermain imbang (tanpa gol) melawan Persiba Bantul dengan skor akhir 0-0

Nil Evaluasi Penyelesaian Akhir

PADANG, HALUAN — Pelatih Pelatih Semen Padang Nil Maizar mengakui mengambil pelajaran dari dua kali hasil imbang di kandang menghadapi Persibo Bojonegoro dan Persiba Bantul. Dua tim asal Jawa Timur dan Jawa Tengah ini cenderung memainkan pola negatif football kala menghadapi Kabau Sirah yang dianggap memiliki penyerang tajam. “Saya nilai, tim sudah bermain sesuai instruksi. Bola mengalir baik dari bawah, tengah lalu ke depan. Hanya saja, begitu sampai di depan, empat pemain bertahan lawan ditambah gelandang menjadi penghalang. Saya akan evaluasi dengan hasil ini,”sebut Nil menjawab pertanyaan Haluan.

Salah satu langkah yang dilakukan untuk evaluasi itu adalah penyelesaian akhir terhadap peluang yang tercipta. “Anda lihat sendiri kan, anak-anak mampu menciptakan peluang. Sayang, tak jadi gol. Kalaupun lolos dari jangkauan kiper, bola malah membentur gawang,”kata Nil lagi. Saat menghadapi Persiba, arsitek tim asal Bantul ini memang dikenal punya strategi jitu untuk memainkan pola bertahan. M.Basri, sebut Nil, memang punya kekhususan strategi bertahan. Karenanya, diyakini pembesut Semen Padang asal Payakumbuh ini, pola lawan yang bermain seperti ini ia yakini akan ditemui lagi saat bermain di kandang.

Mengapa melawan Persema Malang bisa menang besar? Pelatih yang pernah merumput bersama Sparta Praha, Republik Ceko menyebut saat itu lawan berani bermain terbuka dan ikut menyerang ke pertahanan Semen Padang yang dikomandoi David Pagbe. Karenanya, penyerangnya leluasa membombardir pertahanan lawan. Secara umum Nil juga mengakui, permainan timnya hari ini tidak seperti biasanya. Gebrakan awal yang mematikan dan selama ini menjadi ciri khas permainan SP, tidak terlihat di awal pertandingan. "Di babak kedua kami lebih baik, tapi Persiba justru memilih memperkuat pertahanan, sehingga kami gagal dapat gol," kata Nil. (h/mat)

PSM Ditahan Persija

01.Madrid

16 13 1

2

02.Barcelona

16 11 4

1

(50-8)

37

03.Valencia

15 9

3

(24-16)

30

(56-15)

40

04.Levante

16 9

2

5

(25-19)

29

05.Sevilla

16 6

6

4

(18-17)

24

06.Malaga

15 7

3

5

(20-20)

24

07.Espanyol

16 7

2

7

(16-20)

23

08.Osasuna

15 5

7

3

(19-27)

22

09.Bilbao

16 5

7

4

(23-19)

22

10.Atletico

16 5

4

7

(23-26)

19

11.Real Betis

16 6

1

9

(17-22)

19

12.Sociedad

15 4

4

7

(16-23)

16

13.Getafe

16 5

4

7

(14-21)

19

14.Granada

16 5

4

7

(10-16)

19

15.Mallorca

16 4

6

6

(15-22)

18

16.Vallecano

16 4

4

8

(16-18)

16

17.Villarreal

15 3

6

6

(12-21)

15

18.Gijon

16 4

3

9

(16-27)

15

19.Santander

15 2

7

6

(11-21)

13

20.Zaragoza

16 2

4

10

(13-31)

10

Hasil Pertandingan Minggu, 18 Desember 2011 Mallorca Vs Getafe Gijon Vs Espanyol Bilbao Vs Zaragoza Sevilla Vs Real Madrid Atletico Vs Real Betis Granada Vs Levante Jadwal Pertandingan Senin, 19 Desember 2011 Osasuna Vs Villareal Santender Vs Sociedad Valencia Vs Malaga

MAYORITAS ANGGOTA PSSI HADIRI RAPAT AKBAR SEPAKBOLA NASIONAL

1-2 1-1 2-0 0-0 1-2 1- 1 0-2 0-2 1-0 1-0

01.Juventus

3

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

1 1 2 2 0 2

-

2 2 1 6 2 1

MAKASSAR, HALUAN — Tuan rumah PSM Makassar gagal meraih kemenangan setelah ditahan imbang Persija Jakarta dengan skor 1-1 dalam lanjutan Indonesia Premier League (IPL) di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Minggu malam. Tim Juku Eja-julukan PSM sempat unggul lebih dulu melalui kaki striker asing Ilija Spasojevic pada menit ke 26 babak pertama. Sedangkan gol tim tamu dipersembahkan Immanuel De Porras yang memanfaatkan umpan matang Sansan Fauzi ketika pertandingan babak kedua baru berjalan satu menit. Pelatih Persija IPL Jaya Hartono, mengatakan bahwa hasil yang diraih merupakan kerja keras seluruh pemain. Pihaknya juga sangat bersyukur bisa mencapai target mencuri poin di kandang PSM Makassar. Sementara Pelatih PSM Petar Segrt mengaku cukup kecewa dengan hasil yang diraih. Maklum, PSM layak memenangkan pertandingan karena lebih memiliki banyak peluang khususnya melalui M Rahmat. Dalam pertandingan tersebut, PSM yang berambisi meraih kemenangan kedua dikandang langsung mengambil inisiatif penyerangan. Namun disiplinnya per-

KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI

MASJID MUTATHAHHIRIIN

Mulai 6 Februari 2011 PEMBIMBING TERDIRI DARI : Instruktur atau Tenaga Pengajar = Drs.H. Darwas = Drs.H. Baharuddin R.MM = Drs. H. Jaferi, MM = Drs.H. Manaon Lubis = Prof.Dr.H. Salmadanis, MA = Drs.H. Syamsul Bahri,MM = Prof.DR.H. Syamsul Bahri Khatib = Drs.H. Nahruddin,L.SH = Drs.H. Edismar Murad

mainan tim tamu membuat PSM kesulitan mendapatkan peluang. Penyerangan yang dibangun dari sayap melalui David da Rocha juga kurang berjalan mulus.Bahkan tak jarang tim tamu Persija Jakarta yang justru merepotkan pertahanan yang dikawal Kwon Jun. Untung saja, permainan PSM yang kurang bervariasi sedikit lebih hidup setelah melewati 10 menit pertama. Peluang pertama PSM akhirnya datang melalui M Rahmat di menit ke 12. Hanya saja, bola liar yang menerjang kakinya gagal dikontrol dengan baik sehingga keluar lapangan. Dua menit berselang, M Rahmat kembali mendapat peluang yang cukup matang. Namun sundulannya juga masih mampu ditepis penjaga gawang Persija Jakarta yang dikawal Arbain. M Rahmat yang mencetak dua gol ke gawang Persiba Bantul dilaga perdana, dalam waktu yang tak kurang dari tujuh menit kembali nyaris membuat PSM unggul. Menerima umpan matang dari Satrio di sudut kiri pertahanan lawan, sundulan M Rahmat hanya berhasil menerjang mistar gawang. Dalam pertandingan tersebut, tercatat ada sekitar lima peluang yang diraih M Rahmat. Namun

ketidakberuntungan membuat peluang tersebut gagal membawa PSM unggul dar Persija Jakarta. Kebuntuan lini depan PSM akhirnya berakhir setelah Ilija Spasojevic sukses memanfaatkan kemelut didepan gawang Persija. Dengan satu kali sontekan, Ilija berhasil membawa unggul tuan rumah dimenit ke 26. Untuk Persija yang tampil dengan kekuatan penuh sebenarnya bermain tidak buruk. Mengandalkan Imanuel De Porras dilini depan, Persija IPL pun sukses menciptakan sejumlah peluang. Skor 1-0 untuk tuan rumah akhirnya tetap bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Persija IPL yang ingin mencuri poin langsung menekan tim tuan rumah. Mamanfaatkan kelengahan pertahanan PSM, Persija akhirnya mampu mencuri gol melalui De Porras setelah mendapat umpan matang dari rekannya Sansan Fauzi dimenit ke 46. Keberhasilan Persija menyamakan kedudukan justru membuat pertandingan sedikit lebih cepat. Permainan terbuka yang diperagakan kedua tim juga berhasil mendatangkan sejumlah peluang meski akhirnya skor tetap tak berubah.(ant)

BERYL COPY CENTRE Grosir & Retail Sales, Service, Spare Part & Rental Mesin dari USA

"PSSI maksimal harus menanggapi tuntutan kami 23 Desember nanti. Jika tidak segera ditanggapi maka kami (pemilik suara) yang akan menggelar KLB," kata Hardi dengan tegas. Guna mengawal jalannya KLB, pemilik suara yang hadir dalam RASN telah membentuk Komite Penyelamat Sepak bola Indonesia (KPSI) yang diketuai oleh Tony Apriliani dengan beberapa anggota di bawahnya. Dalam RASN juga telah diputuskan, anggota KPSI yang dipersiapkan untuk mengawal jalannya KLB di antaranya adalah Dody Alex Reza, Sumaryoto, FX Hadi Rudiyatmo, Hardi dan Benny Dolo. "Kami (pemilik suara) akan memberikan kewenangan penuh kepada komite jika PSSI tidak bisa menggelar KLB," ucap Hardi, menambahkan. Ia menjelaskan, selain mendesak PSSI untuk melakukan KLB, pemilik suara juga menyatakan mosi tidak percaya kepada beberapa anggota Komite Eksekutif, termasuk Ketua Umum Djohar Arifin Husin dan Wakil Ketua Umum PSSI Farid Rahman. Sedangkan untuk anggota EXCO, pemili suara telah menyatakan mosi tidak percaya kepada Sihar Sitorus, Bob Hippy, Tuti Dau, Mawardi Nurdin dan Widodo Santoso. RASN di Hotel Pullman, Jakarta, dihadiri 452 klub anggota PSSI dari 27 pengprov. Jumlah yang hadir telah mencapai 2/3 dari anggota PSSI yang ada. Berdasarkan data jumlah anggota PSSI mencapai 583. Selain itu, RASN yang mencetuskan KLB ini juga dihadiri oleh empat anggota EXCO yaitu La Nyalla Mattalitti, Erwin Dwi Budiawan dan Roberto Rouw. "Silahkan menggelar KLB. Tapi perlu diingat. Jangan sampai ada penumpang gelap. Kita harus menjaga persepakbolaan Indonesia," kata anggota EXCO PSSI Roberto Rouw. Permintaan KLB oleh anggota PSSI karena PSSI di bawah Djohar Arifin Husin dinilai telah banyak melakukan penyimpangan terkait dengan Kongres Bali dan statuta. Salah satu yang dilanggar adalah jumlah klub kompetisi tertinggi seharusnya 18 klub tetap diubah menjadi 24. Selain itu memasukkan klub yang tidak melalui proses dengan semestinya. Mayoritas Ketua Forum Pengprov PSSI (FPP) Dwi Irianto mengaku mayo-

Hilton Menangkan SFC PALEMBANG, HALUAN — Penyerang asal Brazil Hilton Moreira menjadi penentu kemenangan Sriwijaya FC atas Persija Jakarta dengan skor 2-1 pada lanjutan Liga Super Indonesia 2011-2012 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu. Hilton membukukan dua gol pada menit 56 dan menit 83, sementara gol balasan Persija dilesakkan pemain anyarnya Pedro Javier pada menit 78. Berdasarkan hasil itu, "Laskar Wong Kito", julukan SFC merangsek ke posisi dua klasemen sementara, tepatnya dibawah Persib Bandung dengan kemasan 9 poin dari total empat laga. Pada awal babak, kedua tim disibukkan dalam "ball position" sehingga serangan yang dibangun tidak berbuah gol karena tidak sampai menyentuh area kotak penalti. Perebutan bola pada lini tengah berlangsung sengit karena kedua tim memiliki sejumlah pemain handal. Menit 25, Persija kehilangan Andrytani karena dikeluarkan wasit Ahmad Suparman. Kiper utama Persija itu, melakukan pelanggaran di luar kotak penalti setelah menghalau bola dengan tangan.

*Program selama

Kepala DKK Padang Prof.Dr.Hj. Nurhayati Hakim Dr.H. Zubir Yunus = Drs.H. Hamli Hamid = Hj. Rahnian Sani = H. Ristawardi Dt. Marajo = Drs.H. Diflaizar = H. Bukhari Ismirat = Drs. Akhrizal = H. Armi Dt. Incek Kayo = =

Alamat : Jl. Rawang No.09 Kel. Kampung Jao Kec. Padang Barat Telp. 0751 - 22586

Keadaan itu memaksa pelatih Persija Iwan Setiawan mengeluarkan Johan Juansyah untuk memasukkan penjaga gawang kedua Galih S. Babak pertama berlangsung sengit dan wasit kembali mengumbar kartu merah karena permainan keras kedua pemain. Memasuki babak kedua, pelatih SFC Kas Hartadi memasuk Risky Novriansyah dan menarik Firman Utina. Menit 56, Hilton yang bermain agresif di area berbahaya sejak awal pertandingan, akhirnya berhasil menjebol gawang Persija setelah memanfaatkan hadiah tendangan bebas. Bola menuju sudut sempit, dan tidak mampu dihalau Galih S. Kedudukan 1-0 untuk SFC. Hilton kembali mendapatkan peluang emas pada menit 62, setelah berhasil menyambar umpan matang yang dikirimkan ke muka gawang. Namun sundulan masih melebar di atas mistar gawang. Pada menit 78, tim lawan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Pedro Javier. Gol penentu kemenangan SFC diciptakan Hilton pada menit 83, setelah memanfaatkan umpan silang dari Thierry Gathuessy (defender). (ant)

8

Dp.

Bulan Desember

jt-an

Menyediakan Mesin Foto Copy Bermacam Tipe :

=

ritas anggota PSSI menghadiri Rapat Akbar Sepak bola Nasional (RASN) di Hotel Pullman, Jakarta, Minggu."Sebanyak dua pertiga anggota PSSI hadir di sini. Kalian bisa lihat yang hadir semua anggota, termasuk perwakilan dari 29 Pengprov PSSI," kata Dwi Irianto di sela pelaksanaan RASN. Menurut dia, RASN dilakukan sebagai bentuk keprihatian atas polemik yang terjadi pada PSSI di bawah kepengurusan Djohar Arifin Husin. Apalagi PSSI di bawah kepengurusan baru ini dinilai banyak melakukan penyimpangan hasil Kongres Bali. Salah satu penyimpangan yang dilakukan, kata dia, masalah jumlah klub liga tertinggi di Indonesia. Sesuai kongres Bali, jumlah kompetisi Indonesia Super League (ISL) 18 klub dan dikelola oleh PT Liga Indonesia. "Tidak seperti sekarang. Kompetisi berbeda dan dikelola oleh PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS). Makanya, salah satu tujuan RASN ini adalah membenanhi PSSI yang telah menyimpang," ucapnya. Ia menambahkan, pada RASN ini akan ditawarkan kepada seluruh anggota PSSI yang hadir untuk menyarikan solusi agar federasi sepak bola Indonesia kembali ketujuan sebenarnya yaitu pembinaan dan prestasi. Jika nantinya muncul rencana Kongres Luar Biasa (KLB), kata dia, itu tidak ada masalah. RASN merupakan salah satu solusi asal minimal 2/3 anggota PSSI menyetujuinya. "KLB memang salah satu solusi untuk mengganti kepengurusan. Banyak peserta yang hadir menginginkan itu," ujar Sekum Pengprov PSSI Daerah Istimewa Yogjakarta itu. Ditanya apakah tidak takut akan sanksi PSSI, Dwi Irianto mengaku tidak masalah. Dengan adanya sanksi berarti PSSI masih mengakui jika pemilik suara baik klub maupun pengrov adalah anggota PSSI. Sementara itu, Anggota Komite Eksekutif PSSI La Nyalla Mattalitti mengatakan, jumlah pemilik suara yang hadir pada RASN ini sebanyak 480. Mereka berasal dari pengpov dan klub-klub yang tersebar di seluruh Indonesia. Sesuai dengan data, jumlah anggota PSSI secara keseluruhan sebanyak 583. Jika yang hadir di RASN sebanyak 480 maka pemilik suara yang tidak hadir hanya sekitar 103. (ant)

CANON NP 6050 CANON IR 5000 CANON IR 6000 CANON IR 5020 CANON IR 6020 CANON IR 8500 CANON IR 6570 CANON IR 2200 CANON IR 3300 CANON IR 8500 = Rp.

28 juta

kepercayaan keluarga kebanggaan Indonesia

BERYL COPY CENTRE

Hubungi : Jl. Veteran No. 50 Padang Telp. (0751) 32666 Jl. Nangka No. 40 Pekanbaru Telp. (0761) 61360 Jl. Sutan Agung No.07 Jambi Telp. (0741) 32495

PT. ELANG PERKASA MOTOR : Jl. Khatib Sulaiman No.87 Padang Telp. (0751) 7051422, 7051423 Kantor Cabang : = PAYAKUMBUH : Jl. St. Usman No.14, Kampung Cina Telp. (0752) 91795 = DHARMASRAYA : Jl. Lintas Sumatera Koto Baru KM.218 Dharmasraya Telp. (0754) 71245

* syarat & ketentuan berlaku HARI MINGGU / LIBUR SHOWROOM TETAP BUKA


OLAHRAGA 7

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

Pia Juara Pertamina Terbuka JAKARTA, HALUAN — Mantan pemain Pelatnas Pia Zebadiah meraih gelar juara tunggal putri pada turnamen Pertamina Terbuka setelah pada final, Minggu, mengalahkan Rizky Amelia Pradipta. Pada final yang berlangsung di Hall Bulu Tangkis Gelora Bung Karno, Jakarta, Pia hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk memastikan gelar setelah lawannya tidak melanjutkan pertandingan saat Pia memimpin 21-19, 11-9. "Dia tidak melanjutkan pertandingan karena lutut kanannya sakit," ujar Pia yang pekan lalu bersama Rizky menjuarai nomor ganda putri pada Astec Terbuka. "Saya senang bisa jadi juara meskipun tidak ditargetkan. Ini awal yang baik," tambah Pia yang target selanjutnya adalah tampil di Malaysia dan Korea Terbuka awal tahun depan. Unggulan 3/4 Bandar Sigit Pamungkas tanpa banyak kesulitan mengalahkan Hermansyah yang menjadi unggulan 5/8, 21-15, 21-8 untuk meraih gelar tunggal putra pada turnamen berhadiah total Rp300 juta tersebut. Adapun mahkota ganda putra diraih pasangan Albert Saputra-Rizky Yanu Kresnayandi yang menundukkan unggulan pertama Rendra Wijaya-Rian Sukmawan 2321, 21-15. Gelar ganda putri diraih pasangan Aris Budiharti-Dian Fitriani yang mengalahkan pasangan senior Mona SantosoVita Marissa 21-18, 17-21, 21-17.(ant)

Pembalap Solok, Tanah Datar, Dan Agam Unjuk Gigi PAYAKUMBUH, HALUAN — Pembalap asal Kota Solok, Tanah Datar, dan Agam unjuk gigi pada open road race di jalan lingkar sekitar Stadion Kubu Gadang, Payakumbuh, Sabtu dan Minggu (17-18/12). Pada perlombaan menyambut Napak Tilas PDRI atau Bela Negara dan Peringatan Hari Jadi Kota Payakumbuh ke-41, Erdysa Soneko dari Kota Solok nomor dada 46 berhasil, juara I, dibuntuti pada posisi II dan III, Robi ( 49 ) dari Tanah Datar, dan Cakra Negara (45 ) dari ISSI Kota Bukittinggi. Erdysa Saneko pembalap yunior dari Kota Solok ini menyelesaikan 20 putaran dengan catatan waktu 40 ,04 Menit, Robi dengan waktu 49,09 menit, serta Cakra Negara dengan waktu 49,15 menit. Untuk kelompok senior pembalap kabupaten Tanah Datar atas nama Teguh Mintaraga juga berhasil meraih medali emas, setelah mengitari 30 keliling stadion pacuan kuda tersebut Minggu ( 18/12 ) kemaren.Medali perak, perunggu dan uang pembinaan direnggut Idris Purnama Kasih(32 ) dari Agam, dan Yarian Kasira Putra ( 26 ) dari kabupaten Tanah Datar. Catatan waktu juara I, II dan III kelompok senior ini, 47,37 menit, 47,39 menit, serta 47,42 menit. (h/snt)

Tujuh Taekwondoin Lolos PON

PADANG, HALUAN — Kontingen taekwondo Sumbar sukses mencapai target loloskan atlet sebanyak tujuh orang pada Kejurnas Pra PON yang dihelat di Gelanggang Remaja Pekanbaru Riau. Perolehan medali emas direbut oleh Fitria Handayani dikelas Fin Under 46 kg setelah difinal mengalahkan atlet Taekwondo asal

Bali dengan RSC di ronde kedua.Sedangkan medali perunggu diraih oleh Ramon Satria di kelas under 68 kg putra setelah di-

kalahkan oleh Junaidi Alfred dari Jawa Timur di semifinal dengan skor 4-7. Di kelas Heavy over 85 kg, Efri Endriyadi dan Delva Rizky di kelas under 73 kg juga lolos ke PON Riau,namun tidak mendapat medali setelah kalah dibabak delapan besar. Efri kalah dihadapan taekwondoin asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan

MEMBLUDAK— Peserta jalan santai memperingati HKSN 2011 tingkat Sumbar, Minggu (18/12) membludak. Peserta antusias mengikuti kegiatan yang dilepas dari Kantor Dinas Sosial Sumbar di Jalan Khatib Sulaiman, Padang

Jalan Santai HKSN Membludak

PADANG, HALUAN — Puncak peringatan hari kesetiakawanan nasional (HKSN) 2011 tingkat Sumatera Barat yang digelar dalam bentuk kegiatan jalan santai, ternyata mendapat respons maksimal tak hanya dari karyawan tapi juga masyarakat. Walau panitia pelaksana hanya menargetkan 600 peserta, namun yang mengikuti lebih dari 1.000 orang. "Mudah-mudahan tingginya partisipasi ini menunjukkan kalau spiritt bangsa melalui HKSN telah tumbuh dan berkembang dengan sangat baik di Ranahminang," kata Kadis Sosial Sumbar, Muchtar Luthfi Hasan pada Haluan usai melepas peserta jalan

santai di kantor Dinsos Sumbar, Minggu (18/12). Melalui kegiatan itu, Luthfi berharap semangat persatuan dan kesatuan dalam bingkai kebersamaan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi, semangat ini telah tumbuh sejak lama di Sumatera Barat. Menurut Luthfi, jalan santai secara umum memang kegiatan biasa. Namun melalui kegiatan itu, pemerintah berharap lahir sebuah kebersamaan yang hakiki antar seluruh elemen masyarakat. "Jangan lihat jenis kegiatan yang kami pilih, namun lihatlah apa yang kami harapkan bisa lahir dan muncul dari agenda tersebut.

Dan inilah sebuah nilai lebih dari kebersamaan itu," ucapnya. Jalan santai yang melibatkan banyak orang, menurut Luthfi sangat pas jika dikaitkan dengan semangat kebersamaan, kasih sayang dan juga kekeluargaan pada HKSN. Dan dari ajang itu pula diharapkan akan selalu tumbuh kebersamaan itu di tengah masyarakat Sumatera Barat. Pada kegiatan itu, hadiah utama berupa sepeda gunung polygon didapat oleh pegawai dari panti sosial Lubuk Alung. Sementara hadiah kedua berupa TV 21 inc diraih keluarga karyawan dari PSBGHI Kalumbuk.(h/ted)

skor 5-11.Sedangkan Delva Rizky juga takluk di babak yang sama dari taekwondoin asal Jawa Tengah dengan skor cukup telak 4-11. Olgha Ghafi yang turun dikelas Under 74 kg juga lolos ke PON setelah berhasil menempati 8 besar, namun kalah dari taekwondo Maluku dengan skor 58. Pada nomor Poomsae putra Eko Prasetya juga lolos dengan menduduki peringkat kelima. Kemudian Fadhilla Nesya kelas welter under 67 kg putri juga berhasil lolos meraih tiket PON. Sementara itu empat atlet taekwondo putri Sumbar yakni Fitri Ramadhani kelas under 62 kg putri, takluk dihadapan taekwondoin asal Jawa Tengah dengan skor 5-10. Vellya Martha R kelas 58 kg (fly) putra kalah menghadapi taekwondoin asal Bangka Belitung dengan skor 5-9. Sintia Dewi yang bertarung di kelas under 57 kg (feather), kalah tipis 7-8 menghadapi taekwondoin asal

Jambi. Rani dikelas under 49 kg putri juga tersingkir setelah dikalahkan oleh atlet Jawa Tengah dengan skor 8-6. Nasib sial juga dialami taekwondoin putra Sumbar. Awal Nurdin di kelas under 54 kg menyerah dari Jason atlet Nusa Tenggara Timur setelah dikalahkan dengan skor 9-2. Taufik Untung Hidayat di kelas 63 kg ditumbangkan Hendra taekwondoin Bali. Ridho Putra Harry dikelas under 87 kg juga gagal setelah dikalahkan oleh Mario Taekwondoin DKI Jakarta. Ketua Umum Taekwondo Indonesia Sumbar Handrianto yang dihubungi Haluan Minggu (18/12) mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian anak asuhnya. ''Alhamdulillah target sudah terpenuhi. Seluruh atlet sudah berjuang keras. Mudah-mudahan di PON nanti kami bisa raih hasil maksimal,'' terang Handrianto didampingi pelatih tim Budi Ilyas. (h/rio)

Petarung Sumbar Tambah Peluang

PADANG, HALUAN — Kontingen Sumbar sukses raih satu emas dan satu perunggu pada Kejurnas Pra PON cabang tarung drajat yang dihelat di Balikpapan Kalimantan Timur 16-18 Desember. Keberhasilan ini menambah peluang petarung Sumbar untuk tampil di PON Riau 2012 mendatang. Emas yang diraih kontingen tuah sakato dipersembahkan oleh Rambo Sugianto yang bertarung di kelas 67 kg, sedangkan perunggu dipersembahkan Rezi Alfaleri yang bertarung di kelas under 52 kg putri. Secara keseluruhan Sumbar telah meloloskan sebanyak lima atletnya pada cabang tarung drajat. Tiga atlet lainnya yang lolos yakni, Hidayatul Putra kelas 55 kg, Akhsan Zaenal kelas 70 kg putra, serta Merawati kelas 58 kg putri. Pelatih kepala tim Sumbar Alnedral yang dihubungi Haluan

Minggu (18/12) mengungkapkan target meraih medali di ajang Kejurnas telah terpenuhi. ''Alhamdulillah anak-anak sudah berjuang keras sepanjang Kejurnas kali ini. Kami cukup bersyukur dengan raihan ini, dari 10 nomor yang dipertandingkan, kami sukses meloloskan atlet di lima nomor. Disamping itu atlet kami sebagian besar dihuni atlet muda, kecuali Akhsan Zaenal. Selanjutnya kai akan mempersiapkan semaksimal mungkin para petarung untuk mampu tampil maksimal di PON mendatang,'' tegasnya. Pada kejurnas yang telah berakhir Minggu (18/12), Sumbar gagal meloloskan atlet di nomor senigerak yang merupakan nomor favorit. ''Senigerak kami tidak lolos, karena hanya tiga besar yang diambil. Sementara kuota PON yakni empat tim, tambah satu dari tuan rumah Riau,'' tukasnya. (h/rio)

gunting disini

Sudah berapa lama Anda mengenal Haluan? a. Kurang dari 3 bulan. b. Lebih dari 5 tahun c. Lebih dari 20 tahun 2. Bagaimana cara Anda mendapatkan Koran Haluan? a. Beli secara eceran b. Berlangganan 3. Kalau membeli secara eceran, di mana Anda mendapatkan Haluan? a. Pedagang Koran di pasar b. Pedagang Koran dekat tempat tinggal. c. Pengasong Koran di perempatan jalan 4. Sudah berapa lama Anda berlangganan Haluan? a. Kurang dari 3 bulan b. Lebih dari 5 tahun. c. Lebih dari 20 tahun 5. Kenapa Anda berlangganan Haluan? a. Karena Koran keluarga sejak lama b. Karena isinya memang menarik. c. Karena disediakan oleh kantor. d. Beritanya lebih dipercaya 6. Pernahkah Anda berhenti berlangganan Koran Haluan. Kalau iya kenapa? a. Karena Haluan sering datang terlambat b. Beritanya kalah dibanding Koran Koran lain c. Tampilan korannya tidak menarik. d. Saya tidak menemukan informasi yang saya butuhkan 7. Jam berapa Koran Haluan sampai di tempat Anda? a. Sebelum jam 05.00 wib. b. Setelah jam 06.00 wib c. Setelah jam 07.00 wib d. Setelah jam 08.00 wib 8. Kemana Koran Haluan Anda di antar a. Ke rumah b. Ke Kantor c. Ke toko/tempat usaha 9. Apa yang pertama kali Anda baca di Haluan? a. Berita Headline b. Kolom Refleksi c. Berita ekonomi d. Berita Olahraga e. Berita Politik f. Berita Kriminal g. Opini h. Berita Hiburan i. Cerbung j. Atau yang lain…. 10. Selain Haluan Anda berlangganan Koran apa? (boleh pilih lebih dari satu) a. Padang Ekspres b. Singgalang c. Posmetro d. Kompas e. Media Indonesia 11. Kenapa Anda masih berlangganan Koran lain? (abaikan pertanyaan jika Anda tidak berlangganan koran lain) a. Berita Haluan dirasa kurang cukup b. Hanya sekedar pembanding. 12. Selain membaca koran, media mana lagi yang ada akses untuk mendapatkan informasi dan hiburan? a. TV Lokal b. TV Nasional c. TV Internasional d. Media Online di internet e. Melalui akses Ponsel

13. Berapa lama Anda membaca Koran Haluan setiap hari? a. Tidak sampai 1 jam b. Lebih dari 1 jam 14. Berapa orang yang membaca Koran Haluan di rumah Anda? a. 1 orang b. 2 Orang c. 3 Orang d. 4 Orang e. 5 Orang f. Lebih dari 5 orang 15. Berita apa menurut Anda yang perlu ditambah lagi di Haluan? a. Berita ekonomi b. Berita politik c. Berita kriminal d. Berita pendidikan e. Teknologi f. Kesehatan g. Hiburan h. Atau yang lain…. 16. Menurut anda perwajahan Haluan saat ini: a. Sangat bagus b. Sudah bagus c. Biasa-biasa saja d. Belum bagus e. Sangat Buruk 17. Bagaimana menurut Anda desain iklan yang ditampilkan di Haluan saat ini? a. Sangat bagus b. Sudah bagus c. Biasa-biasa saja d. Belum bagus e. Sangat Buruk 18. Dalam kebijakan dan arah pemberitaan, dibanding dengan media lain di Sumatera Barat apakah menurut Anda a. Haluan Koran yang tidak memihak/netral b. Haluan Koran yang memihak partai tertentu c. Haluan Koran yang memihak pemerintah d. Haluan Koran yang memihak etnis tertentu e. Haluan Koran yang memihak pasar 19. Kualitas cetak Haluan saat ini menurut Anda: a. Sudah baik b. Biasa-biasa saja c. Belum baik d. Sangat Buruk 20. Jika Anda bandingkan cara penulisan/bahasa Haluan dengan koran lain di Sumatera Barat maka a. Penulisan Haluan Lebih Baik b. Penulisan Haluan Sama saja dengan korang lain c. Penulisan Haluan lebih buruk 21. Jumlah halaman Haluan saat ini adalah 24 halaman, menurut Anda: a. Perlu ditambah b. Sudah cukup c. Perlu dikurangi 22. Jumlah berita/artikel di halaman depan saat ini ada 8 judul, menurut Anda: a. Terlalu ramai b. Terlalu sedikit c. Pertahankan saja yang sekarang 23. Dengan harga eceran Rp2.500/eksemplar seperti sekarang, harga itu menurut Anda: a. Terlalu Mahal b. Harga yang wajar c. Cukup murah d. Terlalu murah

24. Pernahkan Anda berkunjung atau menelpon ke kantor Haluan. Kalau pernah, bagaimana pelayanan mereka terhadap Anda? a. Dilayani dengan cukup baik. b. Dilayani dengan kurang baik c. Dilayani dengan tidak baik 25. Kendaraan roda empat dari merk apa yang Anda gunakan sehari-hari di rumah/kantor? a. Toyota b. Suzuki c. Suzuki d. Mitsubishi e. Nissan f. Hyundai g. Ford h. Honda i. Isuzu j. VW k. Mercedez l. Atau yang lain…….. 26. Kendaraan roda dua apa yang Anda gunakan sehari-hari di rumah? a. Honda b. Suzuki c. Yamaha d. Kawasaki e. Vespa f. Bajaj g. KTM 27. Guna merawat kendaraan, Anda menggunakan oli merk a. Top 1 b. Pertamina c. Esso d. Castrol e. Penzzoil f. Agip g. Indomobil h. STP i. Petronas j. Mobil 1 k. Shell l. Valube m. Lainnya 28. Untuk barang-barang elektronika seperti AC, TV, Lemari Es, merek apa yang Anda gunakan di rumah? a. Samsung b. Panasonic c. LG d. Toshiba e. Sanyo f. Hitachi g. Philips h. Sony i. Polytron j. Atau merek lain…. 29. Apa merek handphone yang anda gunakan sehari hari? a. Nokia b. Samsung c. Blackberry d. Sonny Ericson e. LG f. Mito g. Nexian h. Atau yang lain… 30. Layanan seluler apa yang Anda gunakan? a. Telkomsel b. XL c. Esia d. Indosat

31.

32.

33.

34.

35.

36.

37.

38.

39.

e. Axis f. Three g. Smartfren Seberapa sering Anda mengganti handphone? a. Setahun sekali b. Dua tahun sekali c. Setiap keluar model yang baru. d. Tidak pernah ganti Untuk layanan perbankan (tabungan/kredit) anda memilih bank: a. Bank Nagari b. BRI c. BNI d. BCA e. BII f. Danamon g. BTN h. Danamon i. Bank Muamalat j. Bank Syariah Mandiri k. Bank Permata l. Commonwealth Bank m. Bank NISP n. Atau bank lain Kalau berlibur, Anda lebih memilih tujuan wisata? a. Dalam Negeri b. Luar Negeri Maskapai penerbangan apa yang sering Anda gunakan untuk berlibur ke luar Provinsi? a. Garuda Indonesia b. Air Asia c. Lion Air d. Batavia e. Sriwijaya f. Atau yang lain…….. Ketika bebergian ke luar negeri, negara mana yang sering Anda kunjungi? a. Singapore b. Malaysia c. Hongkong d. Thailand e. Australia f. Atau Negara lain……. Untuk pendidikan, Anda lebih memilih anakanak Anda sekolah di? a. Sekolah negeri b. Sekolah swasta Apakah Anda dan anggota keluarga Anda ikut program asuransi? Kalau iya, asuransi apa yang Ada ambil? a. Asuransi Jiwa b. Asuransi Kesehatan c. Asuransi pendidikan d. Kebakaran e. Kendaraan Perusahaan asuransi apa yang Anda pilih? a. AJB Bumiputra 1912 b. Asuransi Jasa Indonesia c. Manulife d. Asuransi Wahana Tata e. Asuransi Bumi Asih Jaya f. Asuransi Takaful g. ACA Life h. Berdikari i. Askrindo j. Bangun Askrida k. ABDA l. Prudensial m. Atau yang lain………………….. Untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari, Anda lebih memilih berbelanja di?

a. Pasar tradisional. b. Minimarket c. Supermarket d. Pasar Raya 40. Kalau berbelanja Pusat Perbelanjaan Anda lebih sering ke? a. Foodmart b. Ramayana c. Matahari d. Suzuya e. Damar Plaza f. Yosie Group g. Citra Swalayan h. Sari Anggrek i. Singgalang 41. Olahraga apa yang Anda lakukan secara rutin/berkala? a. Jalan pagi b. Fitness c. Renang d. Tenis lapangan e. Sepakbola f. Bulutangkis g. Basket h. Golf i. Lainnya B. Penilaian Mengenai Surat Kabar Harian Haluan 1. Pendapat Anda apa yang mendasari daya tarik (keunggulan) surat kabar Harian Haluan: 1. Berita Politik dan Ekonomi lebih luas 2. Banyak terdapat informasi lowongan pekerjaan 3. Adanya penyajian teka - teki silang 4. Adanya penyajian cerpen maupun TTS 2. Pendapat Anda mengenai penyajian isi berita "HALUAN" ; 1. Bagus sekali/menarik sekali 2. Bagus/menarik 3. Cukupan 4. Jelek/tidak menarik 3. Anda membaca Koran Haluan tersebut karena alasan (pertanyaan 2) ; 1. Design penyajian isi beritanya menarik 2. Senang membaca Koran Haluan karena lengkap 3. Menjadi kebutuhan informasi (referensi) yang penting 4. Ketertarikan adanya penyajian cerpen dan TTS 4. Menurut Anda seberapa besar pengaruh Koran "HALUAN" bagi pembaca dalam mendapatkan kebutuhan berita/informasi ; 1. Sangat berpengaruh 2. Kadang - kadang berpengaruh 3. Tidak terlalu berpengaruh 4. Sama sekali tidak berpengaruh 5. Persepsi Anda mengenai "HALUAN" yang sudah lebih terkenal di masyarakat ; a. Kepercayaan terhadap surat kabar HALUAN b. Lengkap isi beritanya c. Menyajikan ragam pilihan dalam membaca (cerpen, pusi, TTS) d. Penyajiannya menggunakan ragam bahasa yang sopan 6. Apakah Anda setuju jika penerbit tetap mempertahankan mutu dan kualitas dari isi berita yang disajikan oleh "HALUAN" ; A. Tidak setuju B. Setuju, alasannya ________________________________

= Isi dengan cara dilingkari

gunting disini

1.


8

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

Rp2 Miliar Untuk Normalisasi Batang Gadih

PADANG, HALUAN — Mengantisipasi banjir bandang yang nyaris terjadi tiap tahun di kawasan Tanah Kuniang, Galagah, Kecamatan Bukitsundi Kabupaten Solok, Pemprov Sumbar melalui APBD 2012 menyiapkan anggaran sebesar Rp2 miliar untuk proyek normalisasi Batang Gadih yang melintas di daerah tersebut. “Dengan adanya program normalisasi itu, diharapkan luapan Batang Gadih yang nyaris terjadi tiap tahun bisa diantisipasi. Selain itu, normalisasi juga memungkinkan tidak terjadinya pendangkalan di Batang Gadih,” kata anggota DPRD Sumatera Barat, Israr Jalinus pada Haluan, Minggu (18/12). Luapan Batang Gadih kata Israr, selalu saja merusak areal persawahan yang berada di kiri kanannya. Padahal areal persawahan dengan

luas lebih dari 200 hektare menghampar di sana. Dengan dilakukannya normalisasi terhadap Batang Gadih yang lebarnya 5 M dan panjang 3,5 KM, Israr berharap banjir bandang tak terus menghampirinya. Lagi pula, luapan Batang Gadih selama ini terbukti hanya menimbulkan kerugian yang besar bagi masyarakat setempat. Ada sejumlah sasaran yang diharapkan bisa tercapai dengan

pelaksanaan normalisasi itu, selain bisa membendung aliran air agar tak keluar jalur sungai, juga meminimalisir pendangkalan. Serta yang tak kalah pentingnya adalah pengerukan dasar sungai oleh masyarakat yang mencari pasir di sana. Kerusakan yang ditimbulkan akibat meluapnya Batang Gadih, menurut Israr tak hanya merusak areal persawahan masyarakat. Namun juga melumpuhkan jalur transportasi dari Muaro PanehCupak. Padahal jalur tersebut sangat vital keberadaannya. “Karena banyaknya keuntungan yang didapat, kami berharap normalisasi itu bisa dilaksanakan secepatnya,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengakhiri. (h/ted)

Shelter Al-Azhar Padang Rampung

PADANG, HALUAN — Shelter berkapasitas dua ribu orang di Gedung TK dan SD Islam Al-Azhar 32 Padang akhirnya rampung juga. Shelter yang hampir menelan dana Rp1 miliar ini merupakan satusatunya shelter yang dibangun di sekolah tanpa menggunakan dana bantuan dari pemerintah atau pihak manapun, dan murni menggunakan biaya yayasan. Sedikit berbeda dengan beberapa shelter yang telah dibangun di Kota Padang, tangga shelter di gedung tersebut merupakan satu kesatuan tanpa memiliki anak tangga, seperti tangga sebuah tempat parkir. Tangga tersebut sangat kokoh, karena terbuat dari gabungan besi dan baja yang berlantaikan tembok. Begitu juga dengan lokasi shelter yang berada di lantai empat juga memiliki beberapa kelebihan, diantaranya memiliki ruangan tempat berteduh jika terjadi hujan, serta memiliki dua

ruangan khusus sebagai tempat stok kebutuhan air. Jika dihitung dari jumlah murid dan guru yang ada di gedung itu, maka shelter yang berada di Jalan Kahtib Sulaiman Padang itu cukup menampung lebih dari seribu warga, karena jumlah siswa dan guru disana belum mencapai 500 orang. Murid TK di gedung itu berjumlah 40 orang, sedangkan murid SD berjumlah 387 orang, ditambah jumlah guru dan karyawan yang totalnya mencapai 51 orang. “Jika ada ada potensi tsunami, maka anak-anak tidak perlu lagi dievakuasi ke Gunung Pangilun, cukup di shelter sekolah saja. Warga setempat juga bisa memanfaatkan shelter ini sebagai tempat evakuasi, jika ada ancaman tsunami,” ujar Kepala SD Islam Al-Azhar 32 Padang, Saparman Nur kepada Haluan, Jumat (16/12). Meski shelter tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat, namun belum ada sosialisasi kepada

masyarakat, tentang keberadaan shelter tersebut. Menurut Saparman Nur, sosialisasi tersebut sedang dirancang, dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Begitu juga dengan sosialisasi kepada orangtua murid tentang keberadaan shelter dan protap ketika terjadi bencana belum dilakukan secara tertulis. Namun sebagian besar sosialisasi itu telah dilakukan secara lisan. “Kalau protapnya ketika terjadi gempa, anak-anak di lantai satu langsung menuju lapangan terbuka dengan cara menutup kepala. Untuk di lantai dua dan tiga, anakanak juga ke lapangan terbuka, tapi menggunakan akses tangga shelter, karena tangga itu berada di samping gedung, tidak di dalam gedung. Jika orangtua ingin menjemput anaknya, silahkan saja di sekolah, karena kami tidak akan evakuasi ke Gunung Pangilun, cukup evakuasi di sekolah” tambah Saparman Nur. (h/wan)


RIAU DAN KEPRI 9

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

HUT BATAM KE-182

Usai Isi Bensin, IRT Dijambret BALOI-Aksi kejahatan jalanan di Kota Batam semakin marak, pelaku tidak pernah kapok meski aparat kepolisian telah berkali-kali menangkap bahkan pelakunya dihakimi massa. Kali ini Siti Hamsiah (41), Sabtu (17/12) sekitar pukul 21.00 WIB, usai mengisi bensin di SPBU Baloi menjadi sasaran aksi kejahatan jalanan. Informasi peristiwa penjambretan itu bermula, saat korban yang diketahui warga perumahan Baloi Ditpam itu mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di SPBU Baloi, setelah itu korban melaju menuju ke arah rumahnya. NAmun tepatnya di sekitar jalan depan perumahan Baloi View, korban dibuntuti pelaku yang mengendarai motor Yamaha Vixion tanpa plat nomor polisi. Saat situasi sunyi, korban langsung dipepet secara tiba-tiba. Korban saat itu panik dan terkejut, saat pelaku memepetnya dari samping. Tanpa basa-basi lagi, pelaku menarik tasnya yang dihapit lengannya. Kata korban, saat itu sempat terjadi tarik-meraik, karena tali tasnya putus sehingga tes tersebut berpindah tangan ke penjambret. "Saya sempat teriak minta tolong tapi malam itu di sekitar jalan sepi, dan pelaku langsung ngebut sampai jejaknya tidak diketahui sambil menarik tas," ujar Siti. Saat terjadi tarik-merik, korban nyaris terjatuh. Mungkin jika tasnya tidak putus, korban terjatuh. "Hampir jatuh juga waktu tarik-tarikan tas, tali tasnya putus, pelaku langsung ngebut," keluhnya.(tea)

Walikota Nilai PE Sesuai Visi Daerah

BATAM, HALUAN — Rapat Paripurna Istimewa Kota Batam ke-182, tanggal 18 Desember 2011 tidak dihadiri oleh para mantan Walikota dan Wakil Walikota Batam.

HUMAS PEMKO TPI

PERINGATI -- Walikota Tanjungpinang, Suryatati A Manan, bersama ratusan ibu-ibu kota Tanjungpinang, Minggu (18/12). Melaksanakan Senam dan Jalan santai bersama serta melakukan cek kesehatan dalam rangka menjelang hari Ibu di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Warga Desa Sungai Terap Pertanyakan Jatah Tabung Gas TEMBILAHAN — Warga Desa Sungai Terap Kecamatan Reteh kembali mempertanyakan jatah kompor gas dan elpiji 3 kg yang merupakan program pemerintah pusat untuk daerah itu. Karena sejak kapal yang membawa kompor dan gas sebanyak 5000 unit tenggelam di perairan Sungai Terap pada bulan April 2011 lalu, hingga saat ini warga Sungai Terap belum menikmati program kompor gas itu. Sementara keberadaan minyak tanah semakin sulit didapat dan harganya juga mahal dari harga sebelumnya. Warto, salah seorang warga Sungai Terap menyebutkan, setelah kejadian tenggelamnya kapal membawa kompor dan

gas yang akan diperuntukan untuk tiga desa, yakni Desa Sungai Terap, Sungai Asam dan Pulau Ruku, namun sampai saat ini hanya warga Sungai Terap saja yang belum menerima gantinya. Padahal, informasi yang terdengar di masyarakat, Kepala Desa sudah membuat Surat Pertanggungjawaban yang disampaikan kepada Pemkab Inhil melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). “Tapi kenyataannya sampai hari ini warga belum menerima kompor dan gas sebagai penganti, sedangkan dua desa lainnya sudah menerima. Kondisi ini selalu dipertanyakan warga,” kata Warto saat di-

hubungi Haluan Riau, Minggu (18/12). Anggota DPRD Inhil dapil Reteh, Rahman mempertanyakan sikap kepala desa yang telah membuat berita acara sementara tabung gas penganti belum diterima masyarakat. “Ada sekitar 614 KK yang akan mendapatkan tabung gas di Desa Sungai Terap. Mereka berharap dapat segera menikmati program pemerintah pusat itu seperti dua desa lainnya agar dapat mengunakan kompor dan tabung gas untuk memasak seharihari,” kata politisi PKS ini. “Setahu saya yang sudah di SPJ kan Kepala Desa Abdul Razak sebanyak 599 unit dari 614 unit untuk warga Sungai

2. TEKNISI MESIN CETAK Kami adalah perusahaan media ternama, sedang mencari karyawan yang profesional dan mau bekerja keras. = Selection Criteria : 1. Pria minimal SLTA / SMK Diutamakan berlatar belakang Grafika. (Point 1,2) 2. Umur Maximum 40 tahun (Point 1,2) 3. Pengalaman di bidang percetakan minimal tiga tahun (Point 1,2) 4. Diutamakan mengerti dan menguasai mesin cetak SOLNA (Point 1,2) 5. Komunikatif dan memiliki kepribadian yang baik (Point 1,2) 6. Bersedia bekerja berdasarkan target dan mampu bekerja dalam tekanan (Point 1,2) 7. Leadership yang kuat dan tegas (Point 1) 8. Disiplin, Rajin dan mampu bekerjasama secara team (Point 1,2) 9. Menguasai tentang percetakan Surat Kabar, buku, majalah, brosur dan lain-lain (Point 1) 10. Menguasai estimasi / kalkulasi percetakan, proses cetak offset / digital printing sampai finishing (Point 1) 11. Mengerti dan mampu memonitor kwalitas cetakan (Point 1) 12. Mengerti dan memahami tentang bahan baku / material cetakan (Point 1)

Bagi memenuhi syarat diatas kirimkan lamaran, cv, pasphoto 4x6 terbaru Anda ke :

HRD Harian Umum HALUAN Padang Komplek Bandara Tabing Jl. Hamka Padang

Selambat - lambatnya 1 (satu) minggu iklan ini diterbitkan. Aplikasi tutup tanggal 10 Desember 2011

PENGOBATAN

ORIENTAL MEDICINE BP. DR.TM. MUHAMMAD,NSR,HS

ALAMAT PRAKTEK: Jl. Pasar Baru II No. 49 A RT.02 RW.II Kel. Kampung Jao Kec. Padang Barat-padang ( Jl. Ratulangi +50M dari Radio Arbes FM)

MENGOBATI SEGALA MACAM JENIS PENYAKIT LUAR DALAM, BARU LAMA MAUPUN KRONIS Kami mengobati segala macam/jenis penyakit dengan menggunakan bantuan terapi Timur-Barat dan Ramuan Obat Alami yang telah dipakai hampir seluruh bangsa di dunia. Bahkan kini telah diuji oleh pakar/Ahli secara klinis terbukti aman,ampuh, manjur mujarab serta tidak menimbulkan efek samping sama sekali!!!!. Anda menderita penyakit yang tertulis di daftar atau tidak disini segeralah ke alamat kami !!! Isyaallah kami siap membantu dan menunggu kedatangan Anda. Kulit muka anda keriput ???Kami juga menyediakan ramuan kecantikan (Obat Awet Muda) Air muka anda bisa terlihat lebih muda puluhan tahun dari usia sebenarnya. Kami juga kerjasama dengan Prof. DR. Hembing Wijaya Kusuma dan Prof. DR. Nurdin Ibrahim dalam meramu (meracik)

UNTUK UMUM AWET MUDA LUMPUH/STROKE KURAP PANU BELUM PUNYA ANAK DARAH KOTOR KENCING MANIS LEKEUMINIA TUMOR/KANKER ALERGI GONDOK/POLIP GANGGUAN SARAF HERNIA/T.BOROK STRESS/GELISAH MAAG/ULU HATI TELAPAK KAKI TANGAN BAU BADAN/MULUT BERKERINGAT JERAWAT/BISUL KANKER PAYUDARA MATA KATARAK/RABUN

HUB: HP 081374058709 VARISES/A. URAT PLEK HITAM DI WAJAH SEX DINGIN LK/PR AYAN/EPILEPSI KULIT BELANG PILEK MENAHUN INGIN GEMUK/LANGSING AMBIEN/WASIR SAKIT GIGI K.BATU/GINJAL

ASTHMA/S.NAFAS TBC BATUK DARAH SYPILIS/R.SINGA RHEUMATIK/ENCOK LIVER/S.KUNING DARAH T/RENDAH AMANDEL JANTUNG KORONER EXIM/GATAL-GATAL BATUK DARAH

PARU BOCOR TELINGA BERAIR TELINGA BERNANAH LEPRA/KUSTA KEPALA SAKIT SUSAH TIDUR DIARE/DISENTRI SEMBELIT/SINUSITUS MIMISAN DLL

Ingat!!! Jangan salah pilih, pengobat alternative Oriental Medicine, kalau ragu-ragu boleh dicoba-coba dulu, kalau berkhasiat baru berobat. Biaya obata hanya Rp. 1000,- semacam obat untuk sekali minimum!!!(Paling Mahal Dari Rp 5.000,- sampai Rp. 15.000,- Perhari minum obat) Pemeriksaan dan konsultasi di kenakan biaya Rp. 20.000,- atau boleh juga semampu anda kecuali Khusus pria/wanita dan penyakit parah/kronis lainya tapi boleh juga nego-

KHUSUS PRIA

Impoten/lemah syahwat (syahwat mati bisa hidup kembali) memperbesar zakar/alat vital, mani encer, dll) semua penyakit lama, parah, kronis, menahun

KHUSUS WANITA

Memperbesar/memperindah Payudara, merapatkan vagina, (bisa seperti perawan lagi) Pektay, keputihan, terlambat bulan, dll. Semua penyakit lama, parah, kronis, menahun

Sebenarnya separah apapun penyakit yang kita derita ada obatnya, sebab zat yang menurunkan penyakit juga menurunkan obatnya. Hanya kita sajalah tempatnya lalai dan lemah, tidak yakin, malas berobatg, ragu-ragu,, tidak sabar ingin cepat-cepat sembuh dan lainya. Lihat dan bacalah sejarah dari mulai manusia pertama diciptakan sampai dengan setengah dan satu abad yang lalu. Penduduk seluruh dunia belum mengenal obatobat campuran kimia, tapi selalu menggunakan obat-obat ramuan alami. Orang sehat-sehat, kuat-kuat, panjang umur dan tak pernah terdengar penyakit yang tak bisa tertolong lagi. Cobalah lihat sekarang ini obat dan peralatanya canggih lagi modern. Ada yang salah bedah. Maal praktek, ada penyakit yang divonis tak ada obatnya lagi. Ada pasian yang diramal disini hidupnya beberapa hari lagi dan tidak ada manfaatnya dicerita panjuang lebar sendiri. Nah! Pastikan jangan tunda lagi mari kembali keramuan obat alami segeralah ke alamat kami sebelum terlambat!!! Kami siap menolong anda dengan ramuan asli kami!!! Yang namanya pengobatan alternative dan mengaku-ngaku menggunakan obat ramuan saat ini sangatlah banyak dan mungkin cukuplah mebingungkan kita semua. Ada yang menawarkan cukup sekali berobat penyalitnya langsung sembuh beberapa hari lantas angkat kaki ada yang ambil uang ratusan dan jutaan. Ada yang bikin nama aneh-aneh dan masih ada trik-trik dan lainya. Hanya untuk mengeruk keuntungan mereka semata bahkan mungkin dengan ulah merekalha dimata anda sangat terpuruk citra pengobatan ramuan alami saat ini. ingat jangan samakan pengobatan Oriental Medicine dengan lainya kami juga sediakan obat ramu dan racik sendiri. Ramuan-ramuan langsung bisa dibawa pulang. Ngomong-ngomong soal obat ramuan alami pasti biayanya sangatlah murah. Kami tidak asal tulis murah. Buktikanlah ke alamat kami!!!konsultasi dan Tanya-tanya dulu!!!Cuma Pemeriksaan saja dikenakan biaya Rp 20.000 (sepuluh ribu rupiah)

Insya Allah kami juga menobati penyakit non fisik (batin) digunaguna santet. Usaha macet, jodoh, pemanis, mental ada gangguan akibat obat-obat terlarang. Ingin rumah tangga rukun anak-anak cepat cerdas dan lainya.

ini masih ada sekitar 35 ribu KK yang belum menerima kompor dan tabung gas itu. Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang belum mendapatkan kompor dan tabung gas agar segera memenuhi persyaratan administrasi yang dibutuhkan. “Kita juga telah menyurati Pertamina dan BP Migas untuk segera memenuhi kekurangan dan menindaklanjuti persoalan ini mulai tahu 2012 nanti. Apabila program ini sudah maksimal dijalankan, kita juga mempersilakan pihak terkait untuk menarik minyk tanah bersubsidi untuk Kabupaten Inhil secara bertahap,” pungkasnya.(nal)

visi dan misi, Batam sebagai bandar dunia madani yang modern dan menjadi andalan pusat pertumbuhan ekonomi nasional. Dahlan berjani, dalam kepemimpinan pada periode kedua ini, yang paling utama adalah meningkatkan lapangan kerja guna membangun pertumbuhan ekonomi masyarakat Batam. Pihaknya juga mendukung peningkatkan lapangan kerja dengan pengembangan perekonomian dan indsutri. Dengan demikian perlu daya dukung lahan, pasokan air bersih, perumahan, kesehatan dan prasarana Batam lainnya, dengan anggaran hanya sekitar Rp1,3 triliun. "Maju tidaknya suatu daerah, apabila didukung oleh keamanan. Oleh karena itu, sangat penting dalam peningkatan gangguan kamtibmas. Maka harus mencari langkah untuk menjaga kamtibmas ini," kata Dahlan. Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo mengatakan, pada dasarnya untuk membangun Batam ini yang lebih baik, tentu harus memiliki jiwa optimisme yang tinggi. Dengan hari jadi Kota Batam ke 182 ini, maka semua pihak harus memiliki kebersamaan dalam rangka memajukan daerah yang dicintai sekarang ini. "Segala sesuatu tentu ada jalan keluar. Rasa optimisme merupakan kata kunci keberhasilan dalam membangun suatu daerah. Dan kebersamaan merupakan pendobrak guna mencapai sebuah cita-cita yang telah diperjuangkan bersama," kata Soerya. (lim)

80 Persen Kebun Kelapa Tenggelam

Dibutuhkan SEGERA 1. MANAGER CETAK

BUKA TIAP HARI Jam 08.00-22.00 WIB HARI MINGGU/BESAR TETAP BUKA Hp. 081374058709 atau sms aja Pasti dibalas

Terap, tapi sampai saat ini kompor dan tabung gas itu belum dinikmati masyarakat,” ujar Rahman. Menangapi masalah itu, Kepala Disperindag Inhil, Pahrolrozy mengaku telah menekankan kepada pihak konsultan dan pihak ketiga untuk bertanggungjawab terkait masalah ganti rugi kompor dan tabung gas yang hilang itu. “Terkait masalah kompor dan tabung gas yang teggelam itu, saya sudah sampaikan kepada pihak konsultan dan pihak ketiga untuk segera menganti dan mendistribusikanya kepada warga Sungai Terap,” kata Pahrolrozy. Ia mengakui sampai saat

Seperti Nyat Kadir, Ria Saptarika dan mantan Walikota dan Wakil Walikota lainnya tidak terlihat saat acara berlangsung di gedung DPRD, Minggu (18/12). Rapat paripurna istimewa dipimpin Ketua DPRD, H. Surya Sardi didampingi tiga wakil. Ketua, Ruslan, Zainal Abidin, Aris Hardi Halim. Dihadiri Wakil Gubernur Kepri, HM. Soerya Respationo, Walikota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Walikota Rudi, SE, anggota DPRD, anggota DPD RI Zulbahri, Ketua BP Kawasan Mustafa Wijaya, Dandim, kepala SKPD Provinsi Kepri, Sekda Kota Batam, Ketua DPRD Kepri, H. Nur Syafriadi serta tamu undangan lainnya. Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi mengatakan, dalam momentum hari jadi Kota Batam ke 182 ini, maka segala benturan antar kepentingan ditengah masyarakat, termasuk dengan pekerja, hendaknya menjadi pelajaran bagi pemangku jabatan. "Terpenting adalah perlu adanya membangun silaturahmi dan menjunjung tinggi harkat martabat dan kesetaraan dalam rangka membangun Kota Batam ke depan yang lebih baik dan lebih nyaman," kata Surya Sardi. Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan, tak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan ekonomi Batam mengalami peningkatkan mencapai 7,72 persen. Angka pertumbuhan ekonomi Batam ini tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan Kabupaten/Kota se Kepri. Hal ini sesuai dengan

Alamat sangatlah mudah semua buskota/semua kendaraan yang melewati Jl. Ratulangi +50 m dari Radio Arbes FM. Lihat Plang pengobatan Oriental Medicine. Minta Turun di Jl. Pasar baru

PRAKTEK BERIZIN, MENETAP DAN TIDAK TUTUP-TUTUP LAGI, CATATLAH ALAMAT INI BAIK-BAIK, KAPAN-KAPAN PERLU BISA DIPERGUNAKAN

TEMBILAHAN, HALUAN — Abrasi air laut yang mengenangi perkebunan kelapa rakyat disejumlah daerah di Kabupaten Inhil terus menghantui para petani, khususnya di daerah pesisir sejak beberapa tahun terakhir. Kendati Pemkab Inhil terus berupaya mengatasi persoalan itu dengan membangun tanggul, namun akibat terbatasanya anggaran dan luasnya wilayah mengakibatkan persoalan itu belum dapat dituntaskan. Lurah Teluk Medan Kecamatan Enok, Darmawan kepada Haluan Riau, Minggu (18/12) menjelaskan, sekitar 80 persen perkebunan kelapa rakyat di Teluk Medan yang luasnya mencapai 26 kilometer sudah digenangi air laut sejak enam tahun terakhir. Meskipun persolan itu telah disampaikan kepada pemerintah daerah setiap tahun melalui Musrenbang Kecamatan, tapi hingga saat ini belum ada realiasi pembangunan tanggul, sedangkan daerah lain selalu mendapat program itu. “Di Teluk Medan saat ini tercatat sekitar 1044 jiwa dari 200 KK lebih. Umumnya warga disini merupakan petani kelapa dan hidup tergantung dari hasil penjual kelapa, namun kondisi

warga cukup memprihatinkan karena hasil panen terus mengalami penurunan akbiat kebun digenangi air laut,” kata Darmawan. Meskipun tidak ada anakanak yang putus sekolah, namun untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari warga banyak yang tidak mampu karena hasil perkebunan yang selama ini menjadi tumpuan tidak dapat lagi diandalkan. Darmawan menjelaskan, ada 12 Parit di Teluk Medan, dimana setiap paritnya berjarak empat kilo dengan luas sekitar 26 kilometer. Setiap digelar pertemuan di kelurahan, warga selalu mengeluh kondisi kebun mereka yang semakin hari hasilnya terus mengalami penurunan. “Bagi warga, pembangunan tanggul ini sangat diharapkan, sehingga kalau pemerintah daerah ada program di Teluk Medan pada tahun 2012 nanti sebaiknya dialihkan saja untuk pembangunan tanggul,” katanya. Anggota DPRD Inhil, Syamsuddin yang baru saja kembali dari Teluk Medan saat menggelar reses juga menyarankan kepada Pemkab Inhil untuk lebih memprioritaskan pembangunan tanggul di daerah itu.

HAJI KHUSUS & UMRAH IZIN DEPARTEMEN AGAMA RI = TERIMA PENDAFTARAN UMRAH REGULAR

FEBRUARI - JULI HARGA MULAI Rp. 15.000.000,-

Apalagi persoalan ini tidak segera diatasi, maka beberapa tahun kedepan kelurahan Teluk Medan akan menjadi kontong kemiskinan baru di Kabupaten Inhil. “Kondisi warga di Teluk Medan semakin memprihatinkan, karena sumber pendapatan mereka sebagai petani kelapa tidak dapat lagi diandalkan untuk menafkahi keluarga akibat abrasi air laut,” kata Syamuddin. Ia mengaku telah menyampaikan semua keluhan warga Teluk Medan itu kepada

pemerintah daerah melalui instansi terkait dan berharap pada tahun 2012 nanti ada program pembangunan tanggul di kelurahan yang berbatasan dengan Kecamatan Tanah Merah itu. “Kita memahami kondisi keuangan daerah, tapi sudah enam tahun warga Teluk Medan menunggu pembangunan tanggul ini, jadi berapapun kemampuan Pemkab, pembangunan tangglul di Teluk Medan harus menjadi prioritas pada tahun 2012 nanti,” tutupnya. (nal)

SUTANA

PEMBANGUNAN taman tepi laut terus digesa, hingga saat ini pengerjaanya sudah pada tahap penimbunan laut, Minggu (18/12). Terlihat sejumlah alat berat melakukan penimbunan, pihak kontraktor terus berpacu dengan batas waktu yang akan berakhir.

Paket Tour Suka Suka Tour Negeri Jiran untuk Group Malaysia-Singapore-Thailand 3 hari 2 malam Rp 2.7 Jt ( Malaysia atau Singapore ) 4 hari 3 malam Rp 3.1 Jt ( Malaysia dan Singapore ) 5 hari 4 malam Rp 3.5 Jt ( 2 negara ) 6 hari 4 malam Rp 3.9 Jt ( 3 negara ) ( Harga minimal group 25 orang low season ) Tour terencana 2012 Off 6-8% * booking 6 bln sebelumnya

= UMRAH 1 BULAN RAMADHAN

Tour Negeri Jiran untuk Keluarga

= TERIMA PENDAFTARAN HAJI KHUSUS

Jadwal Berangkat Tour Keluarga atau group :

HARGA MULAI RP. 28.000.000,HARGA USD. 7.000,-

HUBUNGI

ZULINDO TOUR / FAHMI TOUR Jl. Raden Saleh No. 52 Telp. 0751 - 443688 Fax. 0751 - 444910 Hp. 0811662400 email : fahmitravel@yahoo.com

H O T E L = MADINAH : DJAUHARAT AL FAYROZ *4/Setaraf

= MAKKAH : GRAND ZAMZAM *5/Setaraf DIYAFAT MUBAROK *3/Setaraf

3 hari 2 malam 4 hari 3 malam

Rp 2.9 Jt ( Malaysia atau Singapore ) Rp 3.5 Jt ( Malaysia dan Singapore )

( Harga minimal keluarga 4 orang low season, booking 1 bln sebelumnya )

1. Nyepi Tour 3h2m & 4h3m 2. Isa Tour 3h2m & 4h3m 3. Isa Tour 3h2m & 4h3m

tgl 22 Maret 2012 tgl 5 April 2012 tgl 17 Mei 2012

Tour Domestik* Sumbar,Medan,Pekanbaru,Jakarta,Bandung,Jogja,Bali dll. * Hub Kantor Marketing :

Kami adalah travel yang bekerja secara profesional & sangat berpengalaman

LINGKAR

PT. Anugrah Citra Ilahi - Jl. Vetran Padang No. 98 Padang Telp. 0751 28135, Fax. 0751 24152, email: anugrahtours2000@yahoo.com

Biro Perjalanan Wisata anugrah Tours

0819 9349 0092 0852 7459 4374 0852 7478 1824


10

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

Demi Jalan,..................................................................................................................................Sambungan dari Hal.1 Lebar jalan yang diinginkan masyarakat minimal sekitar 7 meter. Kesepakatan itu telah lama dihasilkan. Malahan sudah sejak bertahun-tahun yang lalu. Meski pun nantinya ada rumah warga yang harus dibongkar karena pelebaran jalan tersebut tidak akan menjadi persoalan. “Bahkan kalua perlu, masyarakat siap membuat surat pernyataan pembebasan lahan tampa ganti rugi tersebut,” kata walinagari. Bagi warga yang rumahnya harus dibongkar nanti, akan digotongroyongkan untuk membangunannya lagi. Bahan bangunannya akan dibeli secara patungan (beriur) Menurutnya, budaya gotongroyong masyarakat Nagari Pagadih tidak perlu diragukan. Seperti yang sudah-sudah, ketika beberapa rumah warga setempat yang hangus terbakar

dibangun lagi dengan cara gotong-royong. Korban kebakaran tersebut malah tidak mengeluarkan biaya pembangunan sepeserpun. Rumahnya tersebut juga cepat selesainya. “Tiga hari hingga atau hingga satu minggu sudah selesai satu rumah,” ujar Walinagari. Senada dengan Walinagari, salah seorang pemuka masyarakat setempat, Dt. Lenggang Sampono, mengatakan, sejak tahun 1949 Nagari Pagadih disebut orang sebagai nagari yang tertinggal, hingga sekarang ini masih disebut sebagai nagari tertinggal. Atau yang diistilahkan orang sekarang nagari terisolasi. Kata pria 74 tahun itu, bertahun-tahun sudah warga Nagari Pagadih menunggu pemerintah untuk memperbaiki jalan. Namun hingga sekarang belum juga terkabulkan. Hal

tersebut sangat dikeluhkan warga setempat karena kondisi fisik jalan menuju nagari Pagadih sekarang sangat parah. Banyak terdapat lubang-lubang besar dan badan jalan tampak mengecil karena semak-semah di pinggir jalan tidak pernah dibersihkan. Hingga sekarang warga setempat masih merasa kesulitan untuk membawa barangbarang hasil perkebunan dan hutan ke pasar. “Hasil pertanian warga Nagarai Pagadih adalah, gambir, kulit manis, gardan munggu, kopi, karet, beras, dan lain-lain,” jelas mantan Ketua Karapatan Adat Nagari (KAN) Pagadih tersebut. Kecilnya badan jalan membuat warga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menempuh jalan sepanjang 18 kilometer. Diperkirakan butuh waktu sekitar 2 jam hingga sampai ke jalan raya yang ada

di Nagari Angge. “Kalau ingin berurusan ke Kantor Camat Palupuh atau Kantor Bupati Agam, saya harus berangkat sejak pukul 04.00 pagi agar tidak terlambat. Begitu pun dengan para petani yang hendak membawa hasil perkebunan dan pertanian ke Pasar Payakumbuh,” kata Dt. Lenggang Sampono yang juga merupakan mantan Walinagari Pagadih itu. Medan yang harus ditempuh untuk sampai ke tepi jalan raya juga berbahaya. Mendaki bukit dan menuruni lurah. Di samping kiri dan kanan terdapat bukit dan lurah yang cukup dalam. Jalan tersebut hanya bisa ditempuh dengan satu kendaraan saja. Jika sempat berselisih dengan sepeda motor, pengendara akan merasa kesulitan. “Apalagi jika berpapasan antara kendaraan roda empat

ALUMNI ANGKATAN 84 SMA Negeri 1 Padang Mengucapkan Selamat & Sukses

dengan kendaraan roda empat,” katanya. Mewakili warga setempat, pria yang sudah keriput itu mengharapkan kepada pemerintah untuk segera memperbaiki jalan yang rusak sekitar 8 km dari jalan raya tersebut. “Sekitar 10 km dari tepi jalan raya atau Simpang Angge menuju Nagari Pagadih sudah diaspal beton. Namun sekitar 8 kilometer masih aspal kasar dan kondisinya sudah sangat parah,” tuturnya. Potensi Jadi Jalan Provinsi Kelurahan warga tersebut didengarkan oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar, Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, Ketika memimpin pertemuan jaringan aspirasi masyarakat di gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 06 Kecamatan Palupuh, Jumat (16/12). Saat itu Leonardy mengatakan bahwa masyarakat

Eko Yanche Edrie (Wakil Pemimpin Redaksi Haluan) dan Keluarga

Menghaturkan Selamat Menempuh Hidup Baru Kepada

Atas Terpilihnya Pengurus KASMA 1 Padang Periode 2011-2015

Erick Rifkinaldo, S.H

1. Brigjend Pol. Drs. H. Moch. Nasser Amir MH. MBA sebagai KETUA UMUM 2. Ir. Benny Wendry sebagai SEKRETARIS JENDERAL (Sekjen) 3. S. Budi Syukur sebagai BENDAHARA UMUM 4. Ir. Basril Basyar sebagai KETUA HARIAN

Isnu Ika Harika Sari, S.Kg

Pagadih telah terlambat menyampaikan aspirasinya. Karena sekarang DPRD Sumbar telah selesai melakukan pembahasan anggaran dan telah disahkan. “Namun jangan cemas. Aspirasi masyarakat tersebut akan kita usulkan pada pambahasan perubahan anggaran tahun 2012. Mungkin soal dananya akan dianggarkan untuk APBD 2013,” kata politisi dari Golkar itu. Leonardi berjanji bahwa

aspirasi masyarakat pagadih tentang perbaikan jalan akan ia perjuangkan. Sehingga perbaikan jalan yang menghubungkan tiga kabupaten dan kota itu bisa terwujudkan. “Jalan tersebut berpotensi menjadi jalan provinsi karena telah menghubungkan tiga daerah. Jalan dengan panjang sekitar 50 km itu menghubungkan Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota dan Payakumbuh,” katanya. (h/dfl)

Keluarga Besar

DEWAN PIMPINAN CABANG PARTAI BULAN BINTANG BERSAMA

FRAKSI PARTAI BULAN BINTANG DPRD KOTA BUKITTINGGI Mengucapkan

Selamat Atas Dilantiknya KETUA DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI BULAN BINTANG SUMATERA BARAT

(Putra Bpk. H. Mukhlis Sani) Dengan

(Putri Bpk. H. Asril Isip) Yang Melangsungkan Resepsi Pernikahannya Minggu 18 Desember 2011 di Auditorium RRI Padang.

Pada Musyawarah Besar KASMA 1 Padang di Hotel Pangeran's Beach Padang, Minggu, 18 Desember 2011.

ARDINAL HASAN, S Ag, MM DATUAK SATI OLEH : KETUA DEWAN PIMPINAN PUSAT

"MS KA'BAN" SABTU, 17 DESEMBER 2011 DI HOTEL PUSAKO BUKITTINGGI

Tertanda

H. S. Budi Syukur, SH

ORGANDA SO

NY AK

ARYA WAHA NA

CA

KT

I

Tertanda

"Semoga Hidup Rukun dan Damai Hingga Tembilang Memisahkan Ananda"

Pengurus DPD ORGANDA SUMATERA BARAT

H. USMAR MARLEN (KETUA DPC PBB BUKITTINGGI)

H. DRS. AMIR HUSEIN HASIBUAN (SEKRETARIS DPC PBB BUKITTINGGI)

PEMERINTAH KOTA PADANG

Mengucapkan Selamat dan Sukses

Mengucapkan Selamat dan Sukses

Kepada

Kepada

PT SEMEN PADANG

PT SEMEN PADANG

“The Most Comitted Company in Participating All Categories of Indonesian CSR Awards 2011”

“The Most Comitted Company in Participating All Categories of Indonesian CSR Awards 2011”

&

&

Atas penghargaan

- Platinum Awards untuk Bidang Kegiatan CSR Sosial - Gold Awards untuk Bidang Kegiatan CSR Konsumen - Gold Awards untuk Bidang Kegiatan CSR Ekonomi - Gold Awards untuk Bidang Kegiatan CSR Lingkungan - Gold Awards untuk Bidang Kegiatan CSR HAM

Atas penghargaan

- Platinum Awards untuk Bidang Kegiatan CSR Sosial - Gold Awards untuk Bidang Kegiatan CSR Konsumen - Gold Awards untuk Bidang Kegiatan CSR Ekonomi - Gold Awards untuk Bidang Kegiatan CSR Lingkungan - Gold Awards untuk Bidang Kegiatan CSR HAM

Dari Kementrian Sosial RI Yang Diserahkan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi, Bpk. AZWAR ABUBAKAR

Dari Kementrian Sosial RI Yang Diserahkan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi, Bpk. AZWAR ABUBAKAR

Kepada Direktur PT SEMEN PADANG Bpk. Ir. MUNADI ARIFIN, SE, MM, Ak. Pada malam Anugerah Indonesian CSR Award’s di Balai Kartini Jl.

Kepada Direktur PT SEMEN PADANG Bpk. Ir. MUNADI ARIFIN, SE, MM, Ak. Pada malam Anugerah Indonesian CSR Award’s di Balai Kartini Jl.

Selamat & Sukses Juga Disampaikan Kepada

Selamat & Sukses Juga Disampaikan Kepada

Bpk. Dafris Januir

Bpk. Dafris Januir

Atas Penghargaan TERBAIK III Kategori Manager Dari PT SEMEN PADANG Dalam Indonesian CSR Awards 2011 yang diserahkan Sekjen Menteri Sosial RI, Bapak Drs. Toto Utomo Budi Santosa, MM Selasa, 13 Desember 2011 di Balai Kartini Jakarta

Atas Penghargaan TERBAIK III Kategori Manager Dari PT SEMEN PADANG Dalam Indonesian CSR Awards 2011 yang diserahkan Sekjen Menteri Sosial RI, Bapak Drs. Toto Utomo Budi Santosa, MM Selasa, 13 Desember 2011 di Balai Kartini Jakarta

Tertanda,

tertanda

H. S. BUDI SYUKUR, SH Ketua

DR. H. Fauzi Bahar, MSi Walikota

H. Mayhyeldi A, SP Wakil Walikota

Ir. H. Emzalmi Sekdako


11

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

Baru Selesai ................................Sambungan dari Hal.1 DPKD Sumbar ...........................Sambungan dari Hal.1 Dikatakan, akibat runtuhnya kembali dam bantalan tebing yang pernah longsor sebulan lalu itu, warga sekitar tidak bisa mengendari kendaraan roda empat dan kalau memakai roda dua, harus didorong. “Tolonglah pelaksana proyek benarbenar mengerjakan proyek sesuai bestek yang ada, agar kokoh. Sebab jalan Marambaung adalah jalan ekonomi bagi kami petani disini,” katanya. Kepala BPBD Agam Martias Wanto kepada Haluan mengatakan, jalan itu dikerjakan dengan dana bencana alam Kabupaten Agam senilai Rp217 juta.

Dan jalan itu runtuh dua hari lalu, karena tidak kuat menahan erosi tanah longsor sebelumnya. “Pekerjaan proyek itupun belum selesai dan masih berlangsung oleh Dinas PU,” kata Martias Wanto. Mandor proyek Marambuang Pen dari PU Agam yang ditemui di lokasi runtuhnya proyek Marambuang, Minggu siang kemarin, enggan memberikan keterangan lebih rinci tentang runtuhnya dn bantalan tebing itu. “Saya tidak punya kewenangan untuk mengekspos pada wartawan dalam masalah ini pak. Penang-

gungnya jawabnya pak Rinaldi yang menjabat Kabid Bina Marga Dinas PU Agam,” katanya mengelak. Sementara Kabid Bina Marga PU Agam, Rinaldi yang dihubungi Haluan justru melempar bola pula kepada Kepala BPBD. Ia mengatakan, tidak tahu tentang proyek tersebut, karena itu adalah gawenya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam. “Kalau proyek itu bukan kami penanggung jawabnya pak, tetapi BPBD Agam,” katanya. Entah mana yang benar. (jon)

Martoni Diusulkan .....................Sambungan dari Hal.1 Sekdakab Dharmasraya H.Busra yang tersandung masalah hukum dan saat ini ditahan oleh pihak Kejaksaan Negeri Pulau Punjung di LP Muaro Padang. Beberapa hari setelah Busra ditahan, Bupati kemudian menunjuk Pelaksana Harian Sekda yakni Martoni. Langkah itu diambil Adi Gunawan agar tidak menjadi penghalang berbagai tugas kesekretariatan yang memerlukan penanganan cepat menjelang akhir tahun ini. Namun karena sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, fungsi Pelaksana Harian tidaklah seluas Pelaksana Tugas, maka diperlukan penetapan Plt Sekdakab. “Untuk penetapan Plh bisa Bupati,

tetapi untuk penetapan Pelaksana Tugas Sekda harus Gubernur. Karena itu kita sudah usulkan ke Pak Gubernur,” ujar Adi Gunawan. Untuk itu kata Adi Gunawan, dengan kondisi pemerintah saat ini masyarakat agar memakluminya apabila ada kendala-kendala kerja apalagi yang menyangkut keuangan memang agar terlambat, tapi ia yakin dalam waktu dekat Gubernur Sumbar akan menurunkan SK Plt.Sekda Dharmasraya dengan nama Martoni. Ketika ditanya alasan Bupati Adi Gunawan menaikkan satu nama kepada Gubernur, ia menjelaskan bahwa Martoni sudah cukup penga-

laman untuk mengemban tugas Plt.Sekda, karena ia sudah pernah sebagai Direktur RSUD Sungai Dareh, sudah pernah di BKD, sudah pernah di keuangan atau DPKD dan saat ini duduk di eselon II sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan. Kemudian alasan lain katanya, apabila Asisten Setdakab atau Kepala SKPD lain yang layak diajukan sebagai Plt.Sekda, maka akan mengganggu pekerjaan pejabat yang bersangkutan yang cukup banyak dan padat karena akhir tahun ini, oleh sebab itu diberdayakan staf ahli yang sudah mampu untuk duduk sebagai Plt.Sekda. (h/mdi)

Pembabatan Hutan ....................Sambungan dari Hal.1 mengondoh Pesisir Selatan, aksi perusakan hutan berlangsung lagi. Sebuah operasi gabungan pengamanan hutan yang dilancarkan oleh aparat bersama Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sejak 15 Desember lalu menemukan kayu yang sudah ditebang dalam jumlah besar. TNKS kemudian memusnahkan kayu tangkapan dan mengamankan puluhan gergaji mesin. Kepala Balai Besar TNKS Pesisir Selatan Kamaruzzaman yang dihubungi Haluan menyebutkan, membenarkan bahwa kegiatan pembabatan hutan masih terus berlangsung di daerah itu. Pascabanjir bandang, aktivitas pencurian kayu masih kerap terjadi seperti di Pelangai Balai Selasa dan Sungai Gambir Sako – Tapan. “Operasi Gabungan Pengamanan Hutan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2011 hingga hari ini oleh Balai Besar TNKS bersama Polres Pessel dan Kodim 0311 Pessel berlangsung di Kenagarian Sungai Gambir Sako Kec. Basa IV Balai Tapan. Telah ditemukan ratusan batang kayu ilegal. Ini bukti bahwa perambahan terus berlangsung,” kata Kamaruzzaman. Menurutnya, ditemukan tumpukan kayu dalam jumlah besar, yaitu di Sungai Penadah sebanyak 141 batang dengan berbagai ukuran (Balok Kaleng) dari jenis kayu rimba campuran. Kayu tersebut adalah meranti, balam dan sapat dan di Sungai Gambir sebanyak 25 batang (Balok Kaleng) jenis Meranti. “Saat tiba dilokasi, pelaku sebanyak 3 (tiga) orang yang sedang beraktivitas menaikan kayu dari sisi

sungai terlebih dahulu sempat mengetahui kehadiran tim, sehingga para pelaku tersebut langsung melarikan diri dari kejaran petugas. Tidak terdapat ijin SKAU ataupun ijin lainnya dalam bentuk pengusahaan kayu, sehingga aktivitas kayu ini dipastikan dilakukan secara illegal dan diperkirakan kayu-kayu tersebut berasal dari kawasan hutan TNKS disekitarnya,” katanya. Menurut Kamaruzzaman, setelah dikonfirmasi kepada beberapa orang masyarakat setempat dan Walinagari Sungai Gambir Sako, tidak ada yang mengetahui siapa pelaku ataupun pemilik kayu-kayu tersebut. Tim selanjutnya melakukan pemusnahan terhadap semua barang bukti kayu tersebut dengan cara mencincang dan memotong kayu-kayu dengan menggunakan mesin gergaji chainsaw dan tertuang dalam Laporan Kejadian dan Berita Acara Pemusnahan Barang Bukti yang dibuat oleh petugas. “Dalam 3 (tiga) bulan terakhir, kita (TNKS) telah melakukan berbagai upaya tindak dilapangan seperti Pembongkaran pondokpondok peladang yang berada dalam hutan TNKS, Penyitaan alat gergaji chainsaw dan pemusnahan barang bukti hasil temuan dilapangan. Namun sejauh ini, para pelaku selalu lebih awal mengetahui keberadaan tim ataupun berhasil lari dari kejaran petugas,” katanya. Lakukan Rehabilitasi Disebutkan Kamaruzzaman, kawasan hutan TNKS yang telah dirambah, secara bertahap akan kita tanami kembali melalui pelaksanaan

Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) yang telah berlangsung dalam 2 tahun terakhir, tahun 2010 di Sungai Kuyung Nagari Malepang Kec. Basa IV Balai Tapan seluas 100 hektar, tahun 2011 ini di Kampung Tanjung Gadang Nagari Ampiang Parak Timur Kec. Lengayang seluas 250 hektar dan untuk tahun 2012 ini direncanakan seluas 800 hektar lagi hutan TNKS akan kita Rehabilitasi. “Kami berterima kasih atas dukungan masyarakat di Sungai Kuyung dan Tanjung Gadang yang mendukung pelaksanaan RHL di kawasan hutan TNKS, khususnya Walinagari Ampiang Parak Timur yang memberikan support dan partisipasinya.Demikian pula terima kasih diberikan terhadap Bapak Dandim dan Kasdim beserta anggota Kodim 0311 Pessel yang telah melaksanakan RHL di Kampung Tjg. Gadang Ampiang Parak Timur, sehingga berjalan baik sesuai dengan waktunya,” katanya lagi. Untuk tahun 2012, selain program RHL yang akan laksanakan, TNKS tetap konsen pada upaya menjaga kelestarian hutan TNKS melalui kegiatan Operasi Gabungan, Patroli, Pendidikan Konservasi dan Penyuluhan/Sosialisasi tentang arti penting keberadaan hutan TNKS. Disamping itu salah satu hal yang juga penting jadi perhatian adalah meningkatkan koordinasi, komunikasi dan kerjasama bersama instansi terkait, tokoh masyarakat dan masyarakat yang ada di sekitar kawasan hutan. (h/har)

182 Penumpang..........................Sambungan dari Hal.1 Akibatnya, kapal yang sedianya digunakan untuk menyelundupkan manusia dengan tujuan Pulau Cristmast Australia itu akhirnya kehilangan keseimbangan dan terbalik saat baru sampai di selatan Perairan Trenggalek. Seluruh penumpang tumpah ke laut, sebagian tenggelam dan sebagian lagi terapung. Setelah hampir lima jam lebih terombang-ambing dengan cara bertahan di salah satu palka kapal yang terbalik, dua nelayan Prigi yang tengah melintas lokasi kejadian akhirnya memberi pertolongan. Namun, karena jumlah korban sangat banyak sementara daya muat kapal terbatas, akhirnya hanya 33 orang bisa diselamatkan. Awalnya diberitakan bahwa jumlah penumpang kapal yang tenggelam itu 250 orang. Namun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan jumlah penumpang 215 orang. “Penyebab tenggelamnya kapal masih belum diketahui. Korban yang berhasil ditemukan menjalani perawatan di Pelabuhan Nusantara Prigi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Minggu (18/12). Sampai berita ini diturunkan, baru 33 orang dipastikan selamat, dengan dua di antaranya dalam kondisi kritis dan harus menjalani perawatan intensif. Selebihnya, para korban lain sampai saat ini kondisi dan rimbanya belum diketahui. Saat ini Tim SAR terus melakukan pencarian dibantu dengan TNI dan Polri. Evakuasi korban terkendala jarak lokasi kecelakaan yang cukup jauh. “BPBD berkoordinasi dengan Tim SAR, TNI, Polri untuk terus melakukan pencarian korban yang masih hilang. Evakuasi korban kapal tenggelam ini terhambat karena jauhnya lokasi kecelakaan yaitu dua puluh lima mil dari daratan Prigi,” tutupnya.

Helikopter Kantor SAR III Surabaya mengerahkan satu unit helikopter untuk melakukan pemantauan sekaligus pencarian korban kapal imigran yang tenggelam. Kepala Kantor SAR III Surabaya, Sutrisno saat tiba di Trenggalek, Minggu (18/12) mengisyaratkan, pencarian akan difokuskan ke seluruh perairan di Jawa Timur hingga Bali. Indikasi tersebut dikuatkan dengan pernyataan Sutrisno yang menyebut dikerahkannya kapal bantuan dari tim Basarnas yang ada di Bali untuk melakukan penyisiran dari arah Timur menuju Barat. Hal serupa juga dilakukan beberapa kapal yang sengaja dikerahkan oleh TNI AL dari pangkalan Armatim Surabaya. “Semua pihak kami libatkan untuk memaksimalkan upaya pencarian korban, termasuk meminta bantuan dari tim Basarnas di Bali maupun TNI AL di Armatim,” imbuhnya. Pencarian posisi korban melalui jalur udara dengan demikian tidak hanya dilakukan tim dari SAR Surabaya, tetapi juga dilakukan oleh jajaran Kepolisian Daerah Jawa Timur. Namun meski upaya pemantauan udara telah dilakukan sejak pagi oleh pihak kepolisian, mereka sejauh ini masih kesulitan menemukan keberadaan para korban, baik dalam kondisi hidup maupun mati. Menurut keterangan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Edy Sumantri saat melakukan pemantauan ke Pelabuhan Prigi, Minggu pagi, pihaknya saat ini masih berupaya melakukan koordinasi dengan pihak Basarnas untuk mengetahui titik lokasi tenggelam, sekaligus estimasi pergeseran posisi para korban setelah terseret arus laut. Untuk membantu upaya pencarian, kata Wakapolda, pihaknya telah menginstruksikan kepolisian yang memiliki wilayah di pesisir selatan Jawa, mulai dari Trenggalek, hingga Jember dan Banyuwangi untuk

melakukan penyisiran di wilayah tugas masing-masing. Sebab, kata dia, tidak menutup kemungkinan saat ini sebagian korban telah terdampar ke daerah pantai. “Kami sudah kerahkan kurang-lebih 150 personel untuk melakukan penyisiran, dengan dibantu jajaran TNI dan masyarakat,” ujarnya. Dihentikan Sementara Akibat cuaca buruk, Basarnas Jatim menghentikan sementara pencarian korban. Menurut Kepala Satpolair Prigi, Iptu Ali Mudzakir, proses pencarian dilanjutkan pagi ini dengan menyisir seluruh kawasan perairan di Pantai Selatan Jawa Timur. Ali mengatakan bahwa tim evakuasi yang melakukan penyisiran ke arah timur, mulai dari titik tenggelamnya kapal, mulai ditarik kembali ke pelabuhan karena hari semakin larut dan faktor cuaca ekstrem yang terjadi di tengah laut. “Kalaupun dipaksakan melakukan pencarian malam hari, hasilnya tentu tidak akan maksimal karena pandangan pasti berkurang,” ujarnya. Dua unit kapal nelayan yang mengangkut tim gabungan dari Basarnas Jatim dan Polair Prigi, diinformasikan telah menyisir seluruh perairan Prigi hingga selatan Kabupaten Blitar yang berjarak sekitar 10 mil dari titik tenggelamnya kapal. Namun, hingga saat ini belum satupun korban berhasil ditemukan. “Kalau melihat kuatnya arus laut, tingginya gelombang, serta batas ketahanan manusia untuk bertahan terombang-ambing di tengah laut, kecil kemungkinan mereka ditemukan dalam kondisi selamat,” ujar Ali Mudzakir. Tetapi, Ali buru-buru menglarifikasi bahwa pernyataan yang bersifat prediktif tersebut bukan dimaksudkan untuk bersikap putus asa ataupun mengecilkan peluang diketemukannya korban selamat selama upaya pencarian dilakukan. (ant/met)

khawatir terlambat sampai di Padang. Sebab petugas disiagakan siang dan malam untuk melayani penyaluran bantuan gempa rumah ibadah ini. Sehingga diharapkan tidak ada pengurus masjid atau pengurus rumah ibadah lain yang datang sia-sia karena jam kantor sudah tutup. “Untuk melayani masyarakat penerima bantuan gempa untuk rumah ibadah ini, kita siagakan petugas selama 24 jam. Artinya, masyarakat yang berasal dari jauh seperti dari Pamasan atau Dharmasraya yang tiba di Padang saat petang atau menjelang magrib akan tetap dilayani,” katanya. Sedangkan syarat-syarat untuk mendapatkan bantuan, sudah disampaikan ke seluruh kabupaten/kota

penerima. Bahkan foto copi persyaratannya juga telah ditempel di tempattempat umum untuk memudahkan para penerima bantuan melengkapinya. Diharapkan, tidak ada persyaratan yang kurang saat diajukan ke DPKD Sumbar. Dan pada dasarnya, syarat pencairan juga makin diperlonggar. Bila sebelumnya harus diambil oleh ketua, maka sekarang dibolehkan diambil oleh pengurus lain yang namanya tercantum dalam proposal kegiatan pembangunan masjid. Tetapi alasan ketidakhadiran ketuaini memang tepat. Pengurus rumah ibadah yang hendak mengambil bantuan tetap harus menunjukkan identitas diri berupa KTP atau SIM. Zul Evi optimis proses pencairan

bantuan ini dapat tuntas hingga akhir Desember mendatang. Apalagi jumlah penerima bantuan tidak sebanyak dulu lagi. Seperti diberitakan sebelumnya, bantuan rumah ibadah yang rusak akibat gempa 2007 dan 2009 yang masih tersisa akan disalurkan akhir tahun ini. Jumlahnya mencapai 1.443 rumah ibadah dengan total dana yang dialokasikan Rp9,4 miliar. Di tempat terpisah, Kepala Biro Bina Sosial Setdaprov Sumbar, Abdul Gafar menyebutkan, bila masih ada masjid, mushalla atau rumah ibadah lainnya yang rusak akibat gempa 2007 dan 2009 dan belum mendapatkan bantuan, maka dapat diusulkan pada Perubahan APBD Sumbar 2012. (h/vie)

Barcelona, Klub..........................Sambungan dari Hal.1 Lionel Messi mencuri perhatian dengan dua golnya serta determinasi yang ditunjukan saat mengacak-acak pertahanan Santos. Dominasi itu pun berbuah tiga gol dibabak pertama yang dicetak oleh Messi pada menit 16, Xavi (23') dan Cesc Fabregas (44'), sebelum Messi membukukan gol keduanya di menit ke-82. Bintang Santos Neymar tampil cukup baik dengan mempertontonkan aksi individu dan menciptakan peluang emas meski masih bisa dihalau Victor Valdes, sayang aksi pemain berusia 19 tahun itu masih kalah kelas dengan yang dipertontonkan anak-anak Katalan. Dengan hasil ini pasukan Josep Guardiola sukses mengangkat gelar Piala Dunia antar Klub sebanyak dua kali, setelah sebelumnya menang pada final 2009 melawan tim Argentina Estudientes. Sekaligus melengkapi gelar Barca pada 2011 dengan empat buah, setelah sebelumnya mengoleksi trofi Liga Champions,

La Liga dan Piala Super Spanyol. Untuk unggul dari Santos, El Barca tidak perlu menunggu lama dan gol-pun lahir dari kaki Messi sebelum menit ke 20. Gol ini sekaligus menjadi gol pertama Messi di turnamen kali ini. Skill individu brilian Xavi dituntaskan dengan chip cantik Messi yang terbang melewati Rafael. Barcelona pun unggul 1-0 pada menit 16. Unggul 1-0, Barcelona tidak mengendurkan serangan sama sekali yang berakhir pada gol kedua mereka di menit ke-23 lewat tendangan Xavi. Umpan silang Dani Alves dikontrol dengan cerdik oleh Xavi sebelum melepaskan tendangan keras. Barca pun unggul 2-0. Santos bukannya bermain buruk, hanya saja Barcelona tampil terlalu dominan sehingga anak-anak Brasil jarang mendapatkan bola. Mimpi buruk Santos dibabak pertama belum selesai. Dipenghujung babak pertama, tekanan bertubi-tubi lewat Messi, Alves dan Fabregas akhirnya membuat Rafael memungut

bola untuk ketiga kalinya di pertandingan tersebut. Sampai wasit meniup peluit jeda, Barcelona pun masih unggul telak 3-0 atas Santos, sekaligus membuat bintang Brasil Neymar mati kutu. Pada babak kedua Barcelona tetap tampil dominan dengan permainan umpan-umpan pendek. Namun penampilan lebih baik diperlihatkan oleh Santos. Beberapa kali wakil Brasil itu membuat pergerakan cemerlang yang mengancam barisan Carles Puyol dkk, dan yang terbaik adalah ketika Neymar lepas dari kawalan usai menerima umpan panjang dari lini tengah. Sayang tendangannya masih membentur kaki Valdes. Memasuki 10 menit terakhir alihalih mencetak gol, Santos malah kembali kebobolan dan lagi-lagi lewat aksi Messi. Menerima sodoran Alves, Messi mengecoh kiper sebelum melepaskan sepakan dari sudut sempit. Skor 4-0 pun bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang. (h/mat/net)

Ad Perpetuam .............................Sambungan dari Hal.1 Pada tanggal 19 Desember 1948 Belanda melancarkan Agresi Militer kedua terhadap Republik Indonesia. Sejak dinihari Ibukota RI Yogyakarta diserang tentara Belanda dengan mengandalkan pasukan Korps Speciale Troepen (KST) yang diterjunkan untuk merebut dan menguasai Landasan Udara Maguwo, disusul pergerakan pasukan besarbesaran ke pusat kota. Siang harinya, Letnan Kolonel Van Beek, komandan pasukan khusus Belanda itu, setelah menguasai Gedung Agung (kediaman resmi Presiden Soekarno di Yogya) melapor kepada LJM Beel, Wakil Mahkota Tinggi Kerajaan Belanda yang berkedudukan di Jakarta, sebagai berikut: “…dalam enam jam, Yogyakarta sudah kita taklukkan, sekaligus menangkap Presiden, Wakil Presiden, sejumlah menteri, dan KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Republik.” Pada waktu bersamaan jatuhnya Yogyakarta dan Presiden, Wakil Presiden serta sejumlah menteri ditangkap dan ditahan Belanda, Mr. Sjafroeddin Prawiranegara yang menjabat Menteri Kemakmuran beserta rombongan sejumlah pejabat tinggi Republik sedang berada di Bukittinggi, Sumatera Barat. Sjafroeddin sebenarnya hanya meraba-raba tentang perkembangan situasi di Ibukota Republik Yogyakarta pada hari itu, namun firasatnya mengatakan ia harus bertindak menyelamatkan negara yang sedang terancam. Ketika komunikasi dengan Yogyakarta terputus, Sjafroeddin mengajak Kolonel Hidayat, Panglima Tentara Teritorium Sumatera, menemui Residen Sumatera Barat Mr. Sutan Mohammad Rasjid dan Komisaris Pemerintah Pusat di Sumatera Tengku Mohammad Hassan, untuk membicarakan pembentukan pemerintahan darurat untuk mengisi kekosongan pemerintahan karena pemimpin negara telah ditahan belanda. “Pak Sjafroeddin mengajak mendirikan PDRI sambil meminta kesediaan Ayah (Mohammad Rasjid) jadi ketua,” kata Irwan Rasjid, putra sulung Sutan Mohammad Rasjid, mengenang saat sangat dramatis tersebut. “Tetapi Ayah menolak sambil menyarankan, sebagai tokoh pusat, sebaiknya PDRI dipimpin Pak Sjafroeddin,” katanya memberi kesaksian. Cerita selanjutnya adalah sebagaimana telah ditulis berulang kali. Setelah pembicaraan selesai dan pesawat terbang Belanda mulai mengebom Bukittinggi, Sjafroeddin, T.M. Hassan dan rombongan pemerintah pusat segera menyingkir ke arah timur menuju Payakumbuh. Rombongan Kolonel Hidayat dan Gubernur Sumatera Tengah Mr. M. Nasroen meninggalkan Bukittinggi

menuju Lubuk Sikaping ke arah utara –Kolonel Hidayat selanjutnya meneruskan perjalanan sampai ke Aceh. Sedangkan Mohammad Rasjid memimpin aksi bumi hangus di Bukittinggi sebelum akhirnya bergabung kembali dengan Sjafroeddin. Meskipun Sjafroeddin selalu mendesak agar PDRI segera dibentuk, semua tokoh setempat sepakat menunggu terlebih dahulu kedatangan Rasjid. Buku PDRI dalam Perang Kemerdekaan karya Amrin Imran melukiskan, “Rasjid merupakan tuan rumah sekaligus tokoh yang berkemampuan untuk bisa diikutkan dalam pemerintahan”. Tanggal 23 Desember pukul 04.30, dalam rapat maraton di bekas perkebunan teh milik Belanda di Halaban, 15 kilometer arah selatan Payakumbuh, PDRI dibentuk. Sjafroeddin disepakati menjadi Perdana Menteri dengan sebutan Ketua merangkap Menteri Pertahanan, Menteri Penerangan, dan Menteri Luar Negeri ad interim. Mr. T.M. Hassan menjadi Wakil Ketua PDRI, sedangkan Sutan Mohammad Rasjid sebagai Menteri Keamanan merangkap Menteri Sosial, Pembangunan, dan Perburuhan. Selain menyusun personalia kabinet, PDRI secara resmi menunjuk Jenderal Soedirman sebagai Panglima Besar dan Kolonel Hidayat sebagai Panglima Tentara dan Teritorium Sumatera — jabatan yang sama dengan posisi semula mereka. Namun, untuk tiga jabatan strategis, KSAL, KSAU, Kepala Jawatan Kepolisian Negara, ditunjuk tokoh baru, Kolonel Laut Nazir, Komodor Muda Hubertus Suyono, dan Komisaris Besar Umar Said. Setelah bisa membuka hubungan dengan Perwakilan RI di India, PDRI mengganti posisi menteri luar negeri, dari penjabat sementara yang dirangkap Sjafroeddin diserahkan kepada Mr A.A. Maramis. Pengangkatan Maramis yang waktu itu sudah di luar negeri, dilakukan lewat radiogram yang ditujukan kepada Dr. Soedarsono, Kepala Perwakilan RI di New Delhi, India. Selama delapan bulan selanjutnya PDRI telah menjadi “penyambung nyawa” Republik Indonesia. Bisa dibayangkan, jika para pemimpin di Yogyakarta yang telah ditawan Belanda tidak segera digantikan oleh PDRI, maka praktis Republik Indonesia pada waktu itu tidak lagi layak disebut sebagai sebuah negara yang berdaulat karena tidak lagi memiliki pemerintahan –hal yang menjadi target Belanda melalui Agresi Militer II tersebut. Sebelum meninggalkan Yogya, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta sebenarnya sempat membuat mandat melalui sebuah telegram yang isinya bahwa dalam

hal terjadi halangan Presiden dan Wakil Presiden karena ditahan musuh, maka dikuasakan kepada Mr. Sjafroeddin Prawiranegara untuk membentuk pemerintahan darurat di Sumatera. Jika Sjafroeddin gagal membentuk pemerintahan darurat tersebut, maka Mr. Sudarsono dan Mr. A.A. Maramis yang sedang berada di luar negeri diberi kuasa untuk membentuk pemerintahan di pengasingan. Mandat tersebut tidak pernah diterima oleh Mr. Sjafroeddin Prawiranegara, tetapi intuisi dan rasa tanggung jawabnya telah menggerakkannya untuk mengambil tindakan yang kelak ternyata sangat strategis artinya bagi perjalanan Republik. Sulit mungkin mencari penjelasan yang hakiki, apa sesungguhnya yang menggerakkan para pemimpin, Sjafroeddin dan Rasjid dkk, untuk melakukan tindakan sangat menentukan itu. Kita kembalikan saja kepada ungkapan Einstein yang dikutip Rasjid dalam buku memoarnya di atas, yakni karena “cinta kepada negeri di mana Anda (mereka) dilahirkan”. Sesuatu yang subjektif, tetapi amat dibutuhkan oleh bangsa dan negara ini. Selanjutnya, dengan dukungan penuh tokoh-tokoh lokal dan rakyat Sumatera Barat, PDRI berjalan efektif sebagai pemerintahan yang sah sampai akhirnya pertengahan Juli 1949 Sjafroeddin Prawiranegara kembali ke Yogyakarta untuk menyerahkan mandat sebagai kepala pemerintahan RI –mandat yang sebenarnya tak pernah diterimanya— kepada Soekarno. Empat puluh selapan tahun setelahnya, dengan Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2006 tanggal 18 Desember 2006, pembetukan PDRI tersebut ditetapkan pemerintah sebagai “Hari Bela Negara” dengan penjelasan sebagai “hari besar nasional bukan hari libur”. Hanya saja, setelah lima tahun PDRI diberikan pengakuan sebagai tindakan “bela negara” –dan Sjafroeddin Prawiranegara pada bulan November 2011 ditetapkan sebagai “Pahlawan Nasional” setelah berpuluh tahun dalam kontroversi— namun kita belum melihat ada kegiatan peringatan yang menggambarkan bahwa bangsa kita sekarang sebenarnya semakin membutuhkan tindakan-tindakan dan sikap heroik dalam berbangsa dan bernegara. Dan bahwa kita memang menghargai dan menilai besar jasa PDRI dan para tokohnya. Tentu kita tidak ingin peringatan Hari Bela Negara” sebagai seremonial formalitas belaka. Mengutip ungkapan Latin, jangan hanya “ad perpetuam rei memoriam” atau sekedar “untuk pengingat sepanjang masa” saja. **


12

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H


13

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M / 23 MUHARAM 1433 H

DITABRAK KERETA WISATA

APV Ringsek, Pengemudi Luka-Luka PADANG, HALUAN — Mobil Suzuki APV ringsek setelah ditabrak kereta api di Pasar Lubuk Buaya, Koto Tangah, Minggu (18/12) sekitar pukul 08.45 WIB. Pengemudinya Ulfia Astra (55), luka-luka akibat tubrukan kereta wisata Padang-Padang Pariaman itu.

Sejumlah saksi mata di lokasi kejadian mengungkapkan, ketik itu Ulfia hendak polisi memarkirkan APV dengan nomor polisi BA 333 HD itu, usai mengantarkan istrinya berbelanja di pasar itu. Warga Jalan Pasir, Parupuk,Tabing ini diduga tidak mengindahkan bunyi klakson kereta, sehingga ia terus saja memarkirkan mobilnya di sekitar rel kereta.”Sebelumnya terdengar bunyi keras seperti ledakan, dan saya lihat ternyata mobil tersebut sudah ringsek,” kata Inan (60), warga Lubuk Buaya. Hal yang senada dikatakan, Deri (23). Dia menyebutkan sempat klakson kereta yang sangat keras. Mungkin karena gugup dan cemas, sopir APV tidak tahu harus melakukan apa, sehingga terjadilah kecelakaan itu. ”Saya melihat sopir mobil tersebut kebingungan, dan akhirnya mobil itu dihajar kereta api,” ujar Deri di lokasi kejadian. Ulfia Astra yang ditemui di Rumah Sakit Siti Rahmah mengatakan, saat itu ia terkejut ketika klakson kereta api itu berbunyi dengan sangat keras. Bapak dua anak ini mengaku sangat kaget, dan sangat tidak menduga kejadian itu menimpa dirinya. “Saat kereta api sudah

mulai dekat, saya bingung, gugup, kaget, dan shock, sehingga saya hanya berdoa semoga selamat. Setelah kejadian itu, alhamdulillah, saya hanya luka sedikit saja,” ucapnya. Ditemui terpisah, Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Andiyatna melalui Kanit Laka Lantas Polresta Padang,

AKP Eliswantri mengungkapkan, akibat kejadian ini tidak ada mengalami korban jiwa, hanya saja pengemudi mengalami luka di bagian kaki, dan lecet di kening “Korban sudah berada di rumah sakit tersebut untuk mendapatkan perawatan dari dokter, dan saat ini sudah mampu berkomunikasi, korban cuma shock dan mengalami luka ringan,” kata Eliswantri. Ditambahkannya, kondisi mobil milik korban dalam keadaan ringsek pada bagian kanan dari depan sampai ke belakang, dan saat ini sudah dibawa ke Kantor Unit Laka Lantas Polresta Padang. (h/nas)

NASRIZAL

DITABRAK KETERA — Mobil Suzuki APV ringsek setelah ditabrak kereta api di Pasar Lubuk Buaya, Koto Tangah, Minggu (18/12) sekitar pukul 08.45 WIB. Pengemudinya Ulfia Astra (55), luka-luka akibat tubrukan kereta wisata Padang-Padang Pariaman itu

RATUSAN JUTA RUPIAH RAIB

SPBU Khatib Sulaiman Digasak Maling

NASRIZAL

POLISI tengah melakukan identifikasi guna mengungkap pelaku pencurian di SPBU Khatib Sulaiman, Padang Utara digasak maling, Minggu (18/12) PADANG, HALUAN —Ratusan juta rupiah uang hasil penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Khatib Sulaiman, Padang Utara digasak maling, Minggu (18/12) dinihari.

Diduga pelaku memiliki kunci masuk ke ruangan kas, karena pintu masuknya masih utuh. Hanya laci meja tempat penyimpanan uang itu saja yang bekas dirusak. Polisi menyelidiki

kemungkinan keterlibatan pihak dalam pada kasus tersebut. Kejadian itu diketahui pertama kali oleh Asisten Pengawas yakni Abdul Rahmat. Saat itu ia seperti biasanya datang untuk mencek ruangan kas SPBU milik Asnawi Bahar itu. Sesampainya di ruangan tersebut Abdul melihat rekapan kertas jual beli BBM berserakan di lantai. Abdul pun menanyakan ke petugas piket Andri yang saat itu sedang tertidur. “Saya membangunkan Andri untuk menanykan kenapa kertas berserakan di lantai, serta laci sudah dirusak,” ujar Abdul yang ditirukan oleh Zulfen (49), seorang petugas SPBU

Menurut Zulfen, penjaga ruang kas yang berada di lantai II SPBU nomor 14.251.583 adalah Adek BM. Namun, karena Adek ada keperluan, sehingga piket tersebut digantikan oleh Andri Wijaya. Mengetahui seperti itu Andri pun kaget. Ia tidak mengetahui kejadian tersebut. Sebab, sebelum ia tidur sekitar pukul 04.00 WIB, dia memastikan semua pintu dan laci terkunci rapat. Merasa telah aman dia pun tidur. “Pagi hari setelah kejadian tersebut, saya mendapatkan kabar bahwa kantor telah dimasuki maling dari asisten pengawas, setelah mendapatkan

kabar tersebut saya langsung ke SPBU untuk memastikannya,” kata Zulfen di lokasi kejadian. Dijelaskan Zulfen, kunci kantor pintu utama itu ada empat orang yang memilikinya, termasuk dia dan tiga rekannya. Saat ini dia belum tahu siapa yang dicurigai. Ia pun melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Padang Utara, berharap agar bisa mengungkap siapa dalang pencuri itu. Sementara itu Kanit I SPKT Polresta Padang Ipda Daniel Partogi Simangunsong mengungkapkan, pihaknya mendapatkan laporan adanya pencurian di SPBU Khatib Su-

laiman langsung terjun ke lokasi tersebut untuk melakukan Olah Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) dengan dibantu oleh Polsek Padang Utara. “Di lokasi tersebut kami menemukan sidik jari di laci dan meja. Diduga, sidik jari pelaku yang mencuri uang tersebut. hingga kini kami tengah melakukan penyelidikan dan pengembangan,” kata Simangunsong. Dikatakannya, pintu utama ruangan kas itu tidak dirusak, diduga pelaku mempunyai kunci ganda. Hanya laci meja saja yang dirusak pelaku. Kemungkinan saja adanya keterlibatan orang dalam. (h/nas)


14 PADANG LINGKAR Truk Tangki Masih Ditahan Dishub PADANG, HALUAN —Truk tangki pengangkut minyak tanah ilegal masih diinapkan di Kantor Dishub Kota Padang. Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Firdaus Ilyas mengatakan, truk tangki ilegal tersebut saat ini masih berada di Kantor Dishub, dan sekarang sedang diurus proses penindakannya oleh Satpol PP Kota Padang. Menurutnya, memang prosesnya mesti dilakukan pihak kepolisian, tapi, Dishub juga punya hak untuk melakukan penahanan karena saat ditangkap, truk tangki tidak memiliki surat kir atau disebut juga tidak layak jalan. ”Untuk operasional saja sudah jelas salah, dan saat ini kami juga menunggu pengurusan kir dari pemilik tangki tersebut,” ujar Firdaus. Sementara itu, Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Ari Yuswan Triono menyebutkan, pihaknya hingga kini belum bisa memproses karena barang bukti, dan berkas lainnya belum sampai ke Polresta. Pihak Polresta sendiri akan bertindak apabila laporan masuk. “Barang buktinya saja belum masuk, apa yang mau di proses, dan kami akan melakukan proses yang transparan apabila nanti laporan tangki tersebut masuk,” kata Ari. (h/nas)

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

Polresta Siapkan Pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru

PADANG, HALUAN — Polresta Padang persiapan pengamanan perayaan Natal dan pergantian tahun di penghujung tahun ini. Sejumlah intansi akan dilibatkan dalam Operasi Lilin 2011 itu. Instansi tersebut masingmasing Satpol PP, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, dan unsure dari masyarakat. Sementara gelar pasukan pengamanan ini bakal digelar di

PADANG, HALUAN — PT XL bersama Polresta Padang menggelar kegiatan Last Year Party yang mencakup fun bike, jalan santai, donor darah, bazar handphone, dan lomba mewarnai untuk anakanak di halaman Mapolresta Padang, Minggu (18/12). Acara ini diadakan tiap akhir tahun mampu menarik ratusan orang, tidak saja dari Kota Padang, tetapi juga dari luar. Alasan XL memilih Mapolresta Padang adalah karena sudah terjalin kerjasama dengan Polresta Padang. Tidak hanya kegiatan itu, dalam iven besar XL ini juga diselenggarakan lomba menari gayung. ”Untuk para peserta yang hadir kami memberikan doorprize agar acara ini meriah,” HASWANDI kata Regional Manager XL PASAR KAGET — Beberapa pedagang sayuran Sumbar, Rudi Rahman Hidayat. tampak duduk santai menunggu pembeli di pasar kaget Pihaknya juga menyediakan di kawasan Dadok Tunggul Hitam Padang. Hingga saat layanan Short Message Service ini, beberapa pasar tradisional di Kota Padang masih (SMS) centre untuk menampung belum mendapat perhatian serius dari pemerintah. keluhan masyarakat, agar para pelanggan yang ada di Sumbar khusunya di Kota Padang lebih puas memakai kartu XL. COURIER & CARGO SERVICE Lebih Cepat Lebih Baik Dijelaskanya, PT Jl. Teknologi Raya No. 104, Siteba Padang, Telp. (0751) 7871716, HP. 081374001716, FAX. (0751) 7056964 XL semakin hari mePENGIRIMAN DOKUMEN, PAKET & CARGO (Melayani Lokal & Dpmestik ke Seluruh Wilayah Nusantara) Catt : Jemput Antar Alamat ningkatkan pelayanan JASA PINDAH RUMAH/KOST, PINDAH KANTOR/TOKO/BARANG (Dalam / Luar Kota di Nusantara) di Unit Layanan PeEKSPEDISI (PENGANGKUTAN BARANG) Sumatera-Jawa/Nusantara PENGEPAKAN (PACKING) & PENYEDIA ARMADA ANGKUTAN (TRUCKING) AKTIS langgan dalam meMURAH, PR CITY COURIER (Pengiriman Dalam Kota; Paket & Dokumen, Billing Statement, AHABAT RS BE N Kartu Kredit, Brosur, Undangan, dll. DA layani pelanggan dan Cabang/Outlet ZATAKA : PADANG, Cengkeh : (0751) 775824, Simp. Tinju Lapai : (0751) 7809336, HP. 081320551548 masyarakat, seiring DUKU : (0751) 484169, HP 081374883322, BUKITTINGGI : (0752) 7001516, HP. 081363573535, SOLOK : (0755) 22050, HP. 085274022811, PAINAN : (0756) 22473, HP. 08126745508, MUARO Sjj : (0754) 20250, HP.081374632998, MUARA LABUH : dengan terus mening(0755) 70592, HP. 081363814593, Simp. Empat Pasaman : HP. 085263008432, 081363321678, Pulau Punjung : (0754) 40042, HP. 081374044040, Jambi : (0741) 21545, HP. 081927513593, Sungai Penuh : (0748) 323725, JAKARTA : (021) katnya jumlah pe8608003, 93443910, HP. 0811868308, Pekanbaru : (0761) 5522788, 085271945100 dan Agen/Outlet kami di kota anda langgan dan ragam layanan, XL juga terus meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Salah satu hasilnya adalah CS XL menjadi satu-satunya layanan pelanggan di Indonesia dari sekitar 100 call center di

Mapolresta Padang 23 Desember mendatang. “Tujuannya untuk memastikan kesiapan semua jajaran yang terlibat,” ujar Kapolresta Padang Kombes Pol Moch Seno Putro kemarin

Dijelaskannya, target Operasi Lilin adalah pengamanan perayaan Hari Besar Nasional, yakni Natal 25 Desember 2011, dan tahun baru 2012. Dari data pelanggaran tindak kriminal yang dihimpun dari setiap Polsek dan Polresta, katanya terbukti banyak gangguan kamtibmas terjadi di wilayah hukum Polresta Padang. Mengenai jumlah personil yang

akan diturunkan dalam operasi lilin sekaligus pengamanan, Polresta Padang akan menurunkan sekitar dua pertiga personilnya, atau 600 lebih personil. Selain itu kata Seno, pihaknya menerapkan kewaspadaan tinggi, selektif dalam memeriksa tamu dan jemaat gereja saat perayaan Natal di 33 gereja di Kota Padang nantinya. “Kita sudah sampaikan kepada pengurus gereja, baik

pendeta maupun pastor di seluruh kawasan Kota Padang agar waspada, dan berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” jelasnya. Beberapa posko pengamanan Natal dan tahun baru yang akan disiagakan di wilayah hukum Polresta Padang, diantaranya di tempat titik keramaian, dan tempattempat yang dianggap rawan gangguan. (h/nas)

XL-Polresta Gelar Last Year Party

ATAKA Express

MEWARNAI — Lomba mewarnai salah satu rangkaian Last Year Party yang digelar PT XL bersama Polresta Padang di halaman Mapolresta Padang, Minggu (18/12).

seluruh dunia yang meraih sertifikat COPC-2000 (Customer Operations Performance Center) dari COPC Inc. Rudi mengatakan, Sertifikat COPC-2000 diraih XL pada akhir tahun 2010. COPC merupakan sistem standar kualitas yang diterapkan pada pengelolaan layanan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Di Indonesia, hanya Call Center XL yang sudah bersertifikasi

COPC-2000. Sementara itu di seluruh dunia hanya sekitar 100 Call Center yang sudah tersertifikasi COPC-2000. Ditambahkannya, sejak setahun terakhir CS XL telah menjalankan program First Contact Resolution yaitu proses di mana pertanyaan, informasi dan keluhan yang disampaikan oleh pelanggan dapat diselesaikan pada saat pertama pelanggan datang ke XL Center, atau menghubungi Call Center 817.

Pelayanan terhadap pelanggan ini memang menjadi fokus bagi XL terkait bertambahnya pengguna XL. Sementara itu, Wakapolresta Padang, AKBP Wisnu Handoko menyebut kegiatan ini dilakukan guna melaksanakan kebijakan Kapolri tentang kemitraan. Ini tertuang dalam II Reformasi Birokrasi Polri (RBP) tahap II. “Kegiatan ini dilakukan guna menggalakkan partnertship building (membentuk kemitraan)

yang mengangkat tema dengan semangat kemitraan, kita mantapkan revitalisasi Polri guna mewujudkan pelayanan prima,” katanya. Polri juga akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. “Ini sengaja dilaksanakan menjelang akhir tahun, dan akan digelar acara ini tiap tahun,” lanjut Wisnu. (h/nas)

Al Washliyah Siap Jalankan UU Kepemudaan

PADANG, HALUAN — Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan telah membatasi umur pemuda 16-30 tahun, dan mulai efektif berlaku 2012 mendatang, menurut Ketua Gerakan Muda Al Washliyah Sumbar Nur Kholis, pihaknya sangat siap diri menjalankan perintah UU tersebut. “Kita selalu siap diri menyikapi perintah UU tersebut, tapi jangan dibiarkan oragnisasi

pemuda berjalan sendiri menyukseskan perintah itu, kami harus diback-up, dan difasilitasi oleh pemerintah,” kata Nur Kholis di sela-sela pelatihan kader Al Washliyah, Minggu (18/ 12) di Pondok Coroline Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Pelatihan kader ini pun kata Kholis juga sebagai bukti Al-Washliyah siap menjalankan perintah UU Kepemudaan tersebut. Dan bagi Al Washliyah kata Kholis hari ini atau nanti

UU itu efektif tidak persoalan, karena Al Washliyah yang dinaungi Al-Jami’atul Washliyah memiliki organ bagian yang mengakomodir potensi anak muda. “Sebut saja, Ikatan Sarjana Washliyah, Gerakan Pemuda Al-Washliyah, Ikatan Putra Putri Al-Washlyah, Angkatan Putri Washliyah, Himpunan Mahasiswa Washliyah, yang pada Musda DPD KNPI Sumbar lalu sukses menjadi pendukung Adib Alfikri,”ujarnya. Kholis juga mengatakan, efektifnya UU kepemudaan, Pemerintah di semua tingkatan harus menggandeng KNPI. “KNPI punya komitmen jelas dan dia bisa melakukan pelatihan kader pemimpin muda potensial sesuai perintah UU Kepemudaan tadi,”ujarnya Dibuka Gubernur Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang membuka pelatihan kader OKP ini menyebut dirinya inginkan generasi muda Sum-

bar yang kritis. “Jadilah aktifis yang kritis dan silahkan kritik saya asal ditujukan untuk pembangunan Sumbar yang paripurna,”sebut Irwan Prayitno di hadapan 100 Kader Al Washliyah, Sabtu (17/12) di Aula Gubernuran Sumbar. Irwan sangat berharap banyak, pelatihan kader AlWasliyah se Sumbar mampu melahirkan kader muda Al Washliyah yang berkarakter dan menjadi aktifis yang kritis. “Tapi kritis yang jelas, yakni untuk memberikan perubahan terhadap pembangunan daerah. Karena saya yakin seorang aktifis nan kritis itu dia akan menjadi pemimpin baik di publik maupun di organisasinya,”ujar Irwan. Selain itu kritikan yang disampaikan kader Al Washliyah harus sarat dengan kontribusi terhadap pembangunan Sumbar kedepan. “Jangan asal kritik apalagi sampai menjadi parasit program pembangunan yang jelas-

jelas untuk kesejahteraan masyarakat,”t egasnya. Bahkan gelaran latih kader Al Washliyah se Sumbar yang ditutup Minggu (18/12) sore ini, Irwan pada sambutannya mengungkapkan kebanggaannya. “Saya sanggat bangga dan mendukung sekali adanya pelatihan kader muda yang dilaksanakan Al Washliyah Sumbar dua hari ini. Karena out-put dari pelatihan ini tentu lahirnya kader muda Al Washliyah yang bermoral, beretika dan sekaligus berandil menekan angka kenakalan generasi muda,”ujarnya. Senior Al Washliyah Sumbar Gusfen Khairul menyebutkan keberanian Irwan menerima kritikan membuktikan dia pemimpin yang demokrat. “Saya bangga memiliki gubernur yang tidak alergi, apalagi tabu dengan kritikan, karena lewat kritikanlah proses pembangunan di Sumbar berjalan dengan chek and balance,”ujarnya. (h/mat)

PNS Dijambret, Rp2 Juta Melayang

menambah ukuran permanen

TOKO CENTRAL

0751-850 0066 - 0812 8333 5222 Jl. Khatib Sulaiman No. 24 (Depan STIKES INDONESIA/100m sebelum Masjid Agung Sumbar

PADANG, HALUAN — Malang nian nasib Siti Zaharni (53), seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Padang. tas miliknya dijambret orang tidak di Jalan Hiligoo, Kecamatan Padang Barat, Minggu (18/12) sekitar pukul 09.40 WIB. Akibat kejadian tersebut warga Bandar Buat Koto Lalang No. 18 Rt 01 Rw 07, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang ini mengalami kerugian sekitar Rp2 juta. Menurut keterangan Siti di Ruang SPKT Polresta Padang, awalnya ia berjalan kaki di lokasi Jalan Hilogoo .Tanpa disadari dia telah diikuti oleh pria tidak dikenal. Tak berapa lama kemudian, pelaku tersebut datang dari arah belakang

dengan menggunakan sepeda motor. “Saya tidak tahu kalau diikuti oleh laki-laki dari belakang, sehingga saya terus berjalan,” kata Siti. Pelaku langsung menarik tas warna maron milik korban yang berisi dua unit handphone merek Nokia dan uang tunai sebesar Rp1 juta. Setelah berpindah tangan, pelaku langsung melarikan diri dari lokasi kejadian. Merasa tidak senang barang berharganya pindah begitu saja, korban pun melaporkan kejadian yang menimpanya ke Mapolresta Padang, dan berharap polisi dapat mengungkap pelakunya. Kanit I SPKT Polresta

Padang Ipda Daniel Partogi Simangunsong menyebutkan, pihaknya sudah menerima laporan korban tentang pencurian tersebut, dan kini masih dalam penyelidikan. “Kami telah menyerahkan kasus tersebut ke bagian Unit Satuan Reskrim Polresta Padang untuk ditindaklanjuti,” katanya. Meskipun demikian ia ber harap warga untuk mewaspadai aksi jambret, copet dan penodo ngan, terutama di lokasi-lokasi keramaian. “Warga harus beru paya menghilangkan kesempa tan terjadinya tindak kriminal dengan waspadai, dan tidak me nonjolkan barang bawaan seper ti ponsel, perhiasan dan lain nya,” katanya (h/nas)


P A D A N G 15

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

Moch Nasser Pimpin DPP KASMA 1

Izin Pertambangan Harus Selektif

PADANG, HALUAN — Direktur Pascasarjana Univirsitas Bung Hatta (UBH) Padang Prof Nasfrizal Carlo mengatakan, daerah harus semakin selektif dalam memberikan izin pertambangan. “Pengelolaan pertambangan memang sangat bermanfaat karena dapat menggenjot PAD (pendapatan asli daerah), namun di sisi lain jika tidak selektif dapat menimbulkan berbagai persoalan termasuk pencemaran lingkungan,” katanya di Padang, Minggu (18/ 12). Menurutnya, persoalan pertambangan sangat rentan dengan pencemaran lingkungan, karena banyak perusahaan yang tidak memperhatikan lingkungan dan kemudian mengakibatkan lahan milik masyarakat menjadi rusak. “Agar pencemaran lingkungan tidak terjadi, maka kepala daerah yang berwenang harus lebih selektif dalam mengeluarkan izin pertambangan,” katanya. Apalagi tambahnya, saat ini persoalan lingkungan merupakan isu yang santer akibat munculnya fenomena pemanasan global yang mengakibatkan cuaca tidak stabil. Untuk itu semua elemen masyarakat sangat dituntut memperhatikan lingkungan. Dalam mengeluarkan izin pertambangan, kata dia, kepala daerah juga dituntut untuk menelaah analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). “Sebab saat ini sering ditemukan penyusunan amdal meninggalkan berbagai prinsip yang pada akhirnya berdampak buruk pada lingkungan. Idealnya, dengan dibukanya pertambangan daerah dan masyarakatnya sejahtera, termasuk lingkungan sekitar tidak rusak,” lanjutnya. Dijelaskannya, penyusunan amdal yang tidak sesuai aturan akan berdampak lebih parah terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar lokasi pertambangan, karena kajian amdal merupakan anlisis yang komprehensif terhadap aspek lingkungan. Selain itu, perusahaan tambang juga dituntut menyejahterakan masyarakat sekitar lokasi pertambangan melalui investasi sosial, seperti melibatkan mereka dalam pekerjaan. “Jika masyarakat merasakan kehadiran perusahaan itu menguntungkan, mereka pasti akan melindungi perusahaan itu dari berbagai ancaman. Pada intinya semua pihak harus partisipatif agar berbagai persoalan tidak terjadi, seperti kerusakan lingkungan, konflik masyarakat dengan pihak perusahaan, dan masalah ekonomi,” tutur Nafrizal (ant)

(DAVID)

SAMBUTAN—Ketua Umum DPP KASMA 1 Padang yang baru terpilih Brigjend Pol Moch Nasser MBA memberikan sambutan usai keterpilihannya di sela-sela Mubes KASMA 1 Padang di Hotel Pangeran Beach Padang, Minggu (18/12).

PADANG, HALUAN — Brigjend Pol Drs H Moch Nasser Amir MH MBA terpilih sebagai Ketua Umum DPP Keluarga Alumni SMA (KASMA) 1 Padang periode 2011-2015, pada Musyawarah Besar KASMA di Hotel Pengeran Beach Padang, Minggu (18/12). Alumni angkatan ’79 ini meraih suara terbanyak (96 suara) menyisihkan tiga kandidat lainnya yakni Drs Masrul (24 suara), Ir Basri Basyar (88 suara), dan Hevlin Van Marcos (5 suara) pada sidang pemilihan yang dipimpin Andi Rozano tersebut. Pada kesempatan itu juga terpilih pengurus inti lainnya yakni Ir Benny Wendry dari angkatan ’88 sebagai Sekretaris

Jenderal (Sekjend), Basril Basyar dari angkatan ’79 sebagai Ketua Harian, dan S Budi Syukur dari angkatan ’84 sebagai Bendahara Umum. Moch Nasser merupakan salah seorang dari sekian banyak alumni SMA terbaik Sumbar itu yang sukses meniti karir di rantau. Alumni angkatan ’79 dan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan ’80 tersebut

Penghijauan Harus Dibarengi Peningkatan Pengawasan Hutan PADANG, HALUAN — Program besar. Karena itu, saya penanaman seribu atau bahkan berpendapat akan lebih baik kalau sejuta pohon yang makin akrab penanaman itu dikombinasikan di telinga masyarakat akhir-akhir dengan pengawasan ketat terhadap ini, merupakan hutan. Jangan ada lagi sebuah kegiatan pembalakan atau Program yang bisa penggundulan hutan menyelamatkan secara liar,” kata ketua penghijauan masyarakat dari Komisi III DPRD yang telah polusi udara, Padang, Yendril pada serta menciptakan Haluan, Minggu (18/ menjadi lingkungan yang 12). program lebih alami. Politisi Partai Walau program nasional, harus Hanura ini melihat, ini sangat bagus, kedua kebijakan didukung semua kalau namun alangkah itu dikawinkan, maka elemen baiknya kalau sasaran akhir untuk dikombinasikan membebaskan masyarakat. dengan masyarakat dari pengawasan ketat bahaya banjir, longsor terhadap kawasan serta polusi udara hutan. akan bisa dicapai “Kalau dengan mudah. penanaman terus digalakkan. Namun sebaliknya, kalau Sementara pembalakan juga jalan program tersebut jalan sendiriterus, maka hasilnya akan nol sendiri, maka sasaran yang hendak

Yendril

dicapai akan sulit dikejar. Untuk itu, pemerintah daerah diminta bisa melakukan program kawin silang terhadap kebijakan ini. DPRD Padang kata dia sangat serius untuk menciptakan Kota Padang yang hijau, nyaman, asri dan bebas polusi. Dan salah satu solusi yang harus dilakukan adalah mengkombinasikan kedua program tersebut. Program penghijauan yang telah menjadi program nasional, menurut Yendril harus didukung semua elemen masyarakat. Dan Hanura Kota Padang pun akan dalam waktu dekat berupaya melakukan kegiatan yang selalu dekat dengan alam. “Tak hanya melalui gedung dewan, di partai pun saya imbau kawan-kawan untuk selalu serius menciptakan kawasan Kota Padang yang hijau sebagaimana harapan kita semua,” katanya. (h/ted)

saat ini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Komisi Kepolisian Nasional. Terpilihnya Moch Nasser dengan raihan suara terbanyak 96 dari 213 total suara itu sudah diprediksi sebelumnya. Sebab, dia termasuk salah satu kandidat kuat dari sederetan ‘para bintang‘ alumni yang berkarir di anggota angkatan yang dijadokan pada Mubes kali ini. Sebelumnya juga muncul nama-nama seperti Mayjen TNI-AD Amril Amir dari angkatan ’73. Kemudian Mayjend Leonardo dan Prof DR Masrul dari angatan ’75, Ismaidi Madir dari angkatan ’74, Busharmaidi dari angkatan ’77, Basril Basyar dari angkatan ’79 dan S Budi Syukur dari angkatan ’84. “Kami bersyukur, proses pemilihan berjalan tertib dan lancar. Pemilihan demokratis melalui perhitungan suara. Hasilnya, senior kita Uda Moch Nasser

terpilih untuk memimpin KASMA ke depan menggantikan Uda Endang Irzal sebagai ketua DPP KASMA sebelumnya,” kata Pimpinan Sidang Andi Rozano kepada wartawan usai pemilihan tersebut. Mubes KASMA 1 Padang yang dihadiri sekitar 250 alumni itu berjalan tertib dan lancar. Mereka yang datang dari berbagai angkatan tampak kompak saling bersilaturahim antar sesama. Di samping pengurus baru terpilih, juga tampak hadir alumni lainnya seperti Mudrika, Prof Syahrial serta alumni lainnya yang telah meraih sukses di bidang karirnya masing-masing. Ketua Pelaksana Mubes OC, Benny Wendry didampingi Ketua Pelaksana SC, Yul Akhyari Sastra menambahkan, setelah pengurus inti terbentuk, pengurus ini diberi waktu sampai 1 Maret 2012 nanti untuk penyusunan pengurus

lengkap. “Kita bersama penyusunan pengurus lengkap segera, sehingga KASMA bisa menjalankan programnya yang baru di bawah kepemimpinan ketua umum yang baru,” kata Benny yang juga didampingi panitia lainnya, Sekretaris Reny Wira, Bendahara Wempi Susanti dan Denny Olita serta Humas, Syahrial. Terkait amanah baru yang diemban Moch Nasser sebagai ketua terpilih, dia mengungkapkan, ke depan pihaknya segera merampungkan susunan pengurus lengkap dengan menempatkan orang-orang yang tepat di bidangnya masing-masing. “Untuk program kerja, kami tentunya melanjutkan program pengurus sebelumnya seiring menyusun program-program terobosan untuk kemajuan pendidikan SMA 1 Padang ke depan. Sebab, kemajuan sekolah ini tak lepas dari peran pemerintah, masyarakat dan alumninya,” katanya. Sementara itu, Ketua Umum DPP KASMA sebelumnya, Endang Irzal mengharapkan pengurus KASMA kedepan dapat memberikan dukungan terhadap kemajuan SMA 1 Padang ke depan. “Kami telah berbuat, namun masih banyak lagi yang kita perbuat dari alumni untuk sekolah yang kita cintai ini. Sebelumnya kami berkeinginan membantu adik-adik kita yang masih duduk di bangku sekolah melalui beasiswa. Namun, karena waktu itu mendesak meraih status SBI, maka rencana beasiswa kami alihkan untuk bantuan fisik seperti membangun gedung dan sarana pendukung seperti komputer dan perangkat lainnya. Sebab, jika SBI ini kita lepas dan diambil sekolah lain, maka SMA 1 tidak lagi nomor 1. Nah, kita harapkan kepengurusan nanti bisa mewujudkan beasiswa ini, membantu sekolah dan adik-adik kita. Sebab, peningkatan kualitas pendidikan itu perlu dukungan dana,” tambahnya. (h/vid)

Perda Anti Rokok Masih Dalam Kajian PADANG, HALUAN —Walikota Padang, Fauzi Bahar menyebutkan, Pemko Padang sedang menyiapkan peraturan daerah (Perda) anti rokok. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak dari makin banyaknya masyarakat yang menderita penyakit yang berawal dari rokok. “Draftnya sedang dikaji. Mudah-mudahan awal tahun telah bisa diajukan ke DPRD untuk dibahas. Yang jelas, Pemko Padang serius untuk mengeliminir asap rokok di Kota Padang terutama di kantor-kantor pemerintahan,” kata Fauzi Bahar menjanjikan. Untuk tahap awal katanya, Perda itu nantinya akan diberlakukan di kantor pemerintah, swasta, sekolah, masjid, rumah sakit dan Puskesmas serta pusat pelayanan publik lainnya. Dan setelah bisa dilaksanakan secara optimal, baru akan meram-

bah ke pusat-pusat kegiatan masyarakat. Seperti pasar, mal, bus kota atau angkutan kota dan juga jalanan. Walaupun Perda ini akan berdampak pada turunnya pendapatan daerah dari iklan-iklan yang dipasang perusahaan rokok, namun Fauzi Bahar melihatnya bukanlah sebuah persoalan. Sebab, masih banyak sub sektor ekonomi lainnya yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan pendapatan daerah. “Pembatasan rokok memang akan berdampak pada penerimaan daerah, namun menurut saya ini jauh lebih baik dari pada semakin banyaknya masyarakat yang menjadi korban rokok,” imbuhnya. Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Kota Padang, Syahrul membenarkan adanya

pembahasan untuk penerbitan Perda anti rokok. Namun semuanya kata Syahrul masih dalam pengkajian dan belum masuk kepada substansi penerapannya di lapangan nanti. Menyinggung pendapatan daerah yang akan turun dengan pemberlakuan Perda tersebut, Syahrul tidak menampiknya sama sekali. Bahkan dari hitung-hitungan kasar, retribusi yang masuk ke kas daerah dari retribusi iklan rokok ini mencapai sepertiga dari total pendapatan daerah dari sektor retribusi. “Kalau memang Perda anti rokok diberlakukan secara umum, maka konsekwensinya jelas yaitu turunnya pendapatan daerah. Namun demikian, retribusi dari objek ini masih bisa ditambal dari sektor lainnya,” imbuhnya. (h/ted)

MUSYAWARAH ANAK NAGARI TELUK KABUNG

“PLTU Teluk Sirih di Ulayat Nagari” PADANG, HALUAN —Naiknya kasus pembangunan PLTU Teluk Sirih yang dianggap sarat masalah, merupakan sebuah hal yang biasa dalam ranah hukum. Namun demikian, ada sebuah hal yang mengganjal bagi Anak Nagari Teluk Kabung. Areal yang dianggap bermasalah itu disebutkan berada dalam areal hutan lindung. Padahal masyarakat setempat selama ini tak pernah mendengarnya sama sekali. “Kami tak kenal dengan hutan lindung, area PLTU Teluk Sirih berada di dalam ulayat nagari kami. Jadi mohon jangan kait-kaitkan hal itu dengan hutan lindung. Karena itu justru hanya akan melukai hati kami sebagai Anak Nagari Teluk Kabung,” kata ketua KAN Teluk Kabung, Suhaili Arsyad Rang Tuo Rajo Bungsu pada Haluan usai pelaksanaan musyawarah akbar anak nagari Teluk Kabung di kantor KAN setempat,

Sabtu (17/12). Tak sekadar menegaskan kalau areal tersebut adalah milik nagari, Rang Tuo Rajo Bungsu yang didampingi Ketua Forum Anak Nagari Teluk Kabung, Yazirman Murad juga menuntut agar aparat penegak hukum dalam hal ini Kejati Sumbar segera mengembalikan hak nagari atas areal yang dipakai untuk keperluan PLTU Teluk Sirih tersebut. Naiknya kasus tersebut ke ranah hukum menurutnya sangat merugikan anak nagari, padahal sebelumnya daerah yang berada di selatan Kota Padang itu relatih tenang, aman dan jauh dari hingar bingar hukum. Sebagai ketua KAN, Suhaili meminta agar polemik yang muncul segera dituntaskan. “Kami tak ingin kasus tersebut dipolitisasi, karena hanya akan merugikan anak nagari. Bagi kami, membangun nagari adalah lebih baik dari pada harus setiap saat ber-

urusan dengan hukum,” imbuhnya. Dalam musyawarah akbar yang mengambil tema “Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan untuk mengembalikan harkat, martabat ninik mamak dan seluruh masyarakat Teluk Kabung” itu, seluruh peserta yang berasal dari beragam elemen seperti ninik mamak, dubalang, imam, manti, pemuda, LPM, malin, tokoh masyarakat dan elemen lainnya, Suhaili menyebutkan apa yang terjadi bisa diselesaikan seandainya dikembalikan kepada nagari. Dari pertemuan yang berlangsung hampir empat jam tersebut, Suhaili menyebutkan selain persoalan hutan lindung, ada dua pointer lain yang menjadi kesimpulan. Yaitu pengukuran ulang terkait luas area yang dipakai yang disinyalir tak sesuai dengan fakta di lapangan serta perusahaan di luar PLTU Teluk Sirih yang

tak sesuai aturan akan diselesaikan secara hukum. Yazirman Murad menambahkan, masyarakat Teluk Kabung sejauh ini masih bisa menahan diri untuk tidak berbuat anarkis. Karenanya, aparat penegak hukum diharapkan bisa secepatnya menuntaskan masalah yang terjadi terutama pengembalian hak nagari berupa uang sebesar Rp1,3 miliar. “Uang sebesar itu bisa kami gunakan untuk membangun nagari, seperti pembangunan sekolah, rumah ibadah ataupun sarana olahraga bagi anak nagari,” ucapnya. Terkait pengembalian hak nagari itu, masyarakat Teluk Kabung kata dia sepakat memberikan waktu hingga akhir tahun. Jika tidak digubris, maka langkah lain yang akan diambil. “Intinya, kami menjunjung tinggi hukum, namun kami juga meminta hak kami dikem-

balikan,” katanya. Tak hanya Suhaili dan Yazirman yang menuntut penyelesaian secepatnya hak nagari, sejumlah peserta musyawarah juga mengatakan hal

serupa. Masyarakat berharap apa yang menjadi hak nagari tidak diganggu gugat oleh siapapun juga karena itu berkait dengan harkat dan martabat masyarakat setempat.

“Bagi kami jelas, selain tidak ada hutan lindung, maka hak nagari juga harus dikembalikan,” kata Hasan Leni Dt Rajo Lenggang menambahkan. (h/ted)

TEDDY

KETUA Forum Anak Nagari Teluk Kabung Yazirman Murad bersama ketua KAN Teluk Kabung, Suhaili Arsyad Rang Tuo Rajo Bungsu memimpin musyawarah akbar Anak Nagari Teluk Kabung di Kantor KAN Teluk Kabung, Sabtu (17/12).


16

PA D A N G PA N J A N G Serambi Mekah

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

Budidaya Jamur Tiram Semakin Diminati

LINGKAR Perdagangan Rokok Akan Ditertibkan PADANG PANJANG, HALUAN — Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Reflis menyatakan, menanggapi adanya permintaan masyarakat dalam hal pengendalian penjualan rokok, terutama terhadap anak-anak, pihaknya kini tengah mempersiapkan program penertiban penjualan rokok di Padang Panjang. Saat ini saja di lingkungan tertentu seperti balaikota, ucap Reflis, sudah tidak ada lagi orang menjual rokok di kedai atau warung minuman di kawasan itu. Nanti, rokok bakal tidak dapat lagi di jual di sembarang tempat, hanya bisa dilakukan di tempat-tempat tertentu saja dengan lisensi dari Pemda Padang Panjang. Penertiban itu berangsur-angsur dimulai dengan himbauan dan kelak kalau perlu dengan Perda. Hal itu dikatakan oleh Reflis kepada Haluan, Minggu (18/12) kemarin, berkenaan adanya kritik dan saran pemuka masyarakat yang meminta dilakukan pengendalian dan pembatasan penjualan rokok, terutama terhadap anakanak. Permintaan itu dikemukakan oleh tokoh masyarakat, Desyusbar Dt Pangulu Mudo ketika ia diminta memberikan sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Padang Pajang, awal Desember lalu. Ketika diminta penjelasannya pada kesempatan terpisah Sabtu kemarin, Desyusbar mengatakan, selain adanya Perda No.8/2009 tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok dan Kawasan Tertib Rokok, serta kebijakan penolakan iklan rokok di Padang Panjang, ia juga menilai perlu pengendalian yang lebih ketat penjualan rokok. (h/dds)

PADANG PANJANG, HALUAN — Budidaya jamur tiram di Padang Panjang kini semakin diminati masyarakat. Pengembangan jamur tiram yang dikelola sebagai demplot oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Ganting, mulai kewalahan melayani permintaan masyarakat.

DARWIN DANIN

BUDIDAYA JAMUR — Budidaya jamur tiram yang kini dikembangkan di Padang Panjang oleh Balai Penyuluhan Pertanian Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, mulai diminati masyarakat. Jamur ini lezat dan bergizi untuk diolah menjadi bermacam makanan dan sayuran.

Empat Parpol Sudah Laporkan Pertanggungjawaban Bantuan ke BPK

PADANG PANJANG , HALUAN — Empat dari sembilan partai politik (parpol) yang memperoleh kursi di DPRD Padang Panjang, telah melaporkan pertanggungjawaban bantuan keuangan tahun 2010 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar. Keempat parpol itu adalah Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasioanl (PAN) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). “Keempat laporan yang ditem-

buskan kepada kita, sampai pertengahan November 2011 baru empat dari sembilan parpol yang mendapatkan kursi di DPRD yang melaporkan pertanggungjawaban bantuan keuangan tahun 2010, kecuali Partai Persatuan Pembangunan yang tidak ambil bagian karena ada persoalan internal partai,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol Kota Padang Panjang melalui Kasi Kesbang Politik Dalam Negeri, Dalmenda, Jumat (16/ 12), di ruangan kerjanya.

Kedua parpol yang telah melaporkan pertanggungjawaban bantuan keuangan tahun 2010, yakni Partai Demokrat yang diserahkan bulan September dan PKS, PAN dan PDIP pada pertengahan bulan November 2011. Parpol yang belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban, yaitu Partai Golkar, PBB, Partai Gerindra, PKB. Sementara untuk PPP tidak mengambil bantuan tersebut sehingga tidak berkewajiban menyerahkan laporan pertanggungjawaban.

“Agar laporan pertanggungjawaban tersebut segera disampaikan sebelum akhir November 2011, BPBD Kesbangpol Padang Panjang melakukan pendekatan dan mengingatkan agar parpol-parpol tersebut segera penyampaian laporan pertangungjawaban masing-masing partai penerima bantuan 2010, kecuali Partai Persatuan Pembangunan. Terealisasinya penyelesaian laporan pertanggungjawaban itu diperlukan adanya kerja sama yang baik dari semua pihak,” ujarnya berharap. (h/son)

Kondisi itu disampaikan oleh PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Kelurahan Ganting, Erita Esenti kepada Haluan, Jumat (16/12). Menurut Kepala Kantor Katahanan Pangan dan Penyuluhan (Ketapangluh) Padang Panjang Rusli yang dihubungi Haluan secara terpisah, budi daya jamur tiram memang mulai diminati petani di kota itu. Salah satu program ketahanan pangan yang dimulai sejak awal 2011 itu kini telah berkembang di berbagai kelurahan. ”Ada sekitar 40 kepala keluarga petani yang telah membudidayakannya,” kata Rusli. Dijelaskan oleh Erita, jamur tiram yang ditanam di BPP Ganting sebanyak 1.000 blok sejak dua pekan lalu telah mulai dipanen. Proses penanaman dilakukan sekitar tiga bulan lalu. Setelah melalui proses sterilisasi dan pembiakan, dalam tiga bulan jamur telah bisa dipanen. Seterusnya, jamur bisa dipanen sekali dua atau tiga hari, bahkan bisa saja dipanen setiap hari pada blok berbeda. Untuk 1.000 blok tanaman jamur tiram, bisa menghasilkan jamur rata-rata antara 5-7 kilogram setiap kali panen dengan harga jual Rp20.000 perkilo. Bila perawatannya cukup

baik, sekitar 20 kali panen modal telah bisa kembali. Seterusnya jamur bisa dipanen empat sampai lima bulan sejak panen perdana. Diungkapkan oleh Kakan Ketapangluh, Rusli, pengembangan jamur tiram dilakukan Pemda Padang Panjang sebagai upaya penganekaragaman pangan sekaligus peningkatan pendapatan petani. Dikatakan, keunggulan jamur tiram, rasanya lezat dibuat sup atau sayur tumis biasa, kaya gizi dan vitamin. Lagipula jamur ini adalah tanaman organik, tidak menggunakan pupuk atau pemberantas hama kimia Bagi petani pengetrap, pengelolaannya mudah, tidak membutuhkan lahan yang luas. Untuk 1.000 blok dapat ditaruh pada bedeng beratap seluas empat kali empat meter. Satu blok kira-kira sebesar kaleng susu isi dua kilogram, terbuat dari serbuk gergaji yang telah difermentasi. Setelah mulai panen pada tiga bulan pertama, seterusnya nyaris setiap hari bisa dipanen selama lima bulan. Menurut Rusli, tahun 2012 mendatang, budi daya jamur tiram ini akan dikembangkan lebih luas lagi di Padang Panjang, karena prospeknya cukup baik dengan daerah pemasaran yang cukup luas. (h/dds)

Lembaga Kursus Dan Pelatihan

TOPOGRAPHY TRAINING CENTRE PUSAT PENDIDIKAN TEKNIK SURVEY PEMETAAN APLIKASI KOMPUTER Serta Tempat Uji Kompetensi (TUK) Bidang Geomatika (Juru Ukur) Terakreditasi Oleh : Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) No. 014 / KEP / 001 / LSP - GIM / 1 / 2008 TGL, 30 / 01 / 2008, No. Dokumen 10 / KAN / PM / 07-11

Jalan Veteran No.202 Simp. Jirek, Telp/Fax. (0752) 3389 Bukittinggi Sumatera Barat NPWP : 02.698.698.4 - 202.000

Nomor Induk Lembaga Kursus (NILEK) No : 08201.3.2.0025.32/40/99

PROGRAM KEAHLIAN 1 TAHUN TERPADU Aplikasi Program Kumputer Survey AutoCad serta Program Penunjang

Syarat Pendaftaran: 1.Foto copy NEM, STTB SLTA sederajat 1 lbr 2.Pas Foto Ukuran 2x3 warna 3 lbr 3.Foto copy KTP 4.Mengisi Formulir Pendaftaran 5.Uang Pendaftara Rp.75.000,-

Men di

Kur ngan su Ajaa s... aa...

MELAYANI : 1. Perbaikan Alat alat Ukur, seperti Waterpas Theodolit, 2. Jasa Pengukuran, Pemetaan, Pelatihan, Diklat

Info Lebih Lanjut Hubungi Bpk. Hidayat, Hp.081363116527, 0752 33891 Bukittinggi. =

= OTOMOTIF

=

KOMPUTER ALAT KOMUNIKASI FASHION = BIRO JASA = RUPA RUPA = INFO BISNIS

ELEKTRONIK

=

Pasang Iklan Anda disini ...

=

KOMPLEK BANDARA TABING, JL. HAMKA PADANG Telp. (0751) 4488700 - 703, Fax. (0751) 4488704 Email Divisi Iklan : iklan_haluan@yahoo.com

PT. ALTO

PT. ALTO

PT. ALTO

PT. ALTO

PT. ALTO

VARIO,BEAT,--TH 09--11--LELANG PERUNIT--HRG MULAI 5 JTAN (21/12/2011) JAM 14.00--TEMPAT D I G E D U N G R R I PA D A N G JL.SUDIRMAN NO.12 PADANG-H U B . 0 8 5 6 6 2 6 6 6 5 7 . 085278267095.081384333535(PT ALTO LELANG)

HONDA SUPRA X 125, SUPRA FIT X, JUPITER Z--TH 09-11--LELANG PERUNIT--HRG MULAI 3 JTAN-(21/12/2011) JAM 14.00--TEMPAT DI G E D U N G R R I PA D A N G J L . S U D I R M A N N O . 1 2 PA D A N G - H U B : 0 8 5 6 6 2 6 6 6 5 7 . 085278267095.081384333535(PT ALTO LELANG)

MIO,XEON,--TH09-11--LELANG PERUNIT--HRG MULAI 4 JTAN-(21/12/2011) JAM 14.00--TEMPAT DI GEDUNG RRI PADANG JL. SUDIRMAN NO.12 PADANG-HUB.08566266657.085278267095. 081384333535(PTALTO LELANG)

HONDA BLADE,ROCK Z,--TH 0911 - - L E L A N G P E R U N I T- - H R G MULAI 3JTAN--(21/12/2011) JAM 14.00--TEMPAT DI GEDUNG RRI PADANG JL.SUDIRMAN NO.12 P A D A N G HUB.08566266657.085278267095. 081384333535(PTALTO LELANG)

YA M A H A V E G A Z R , R E V O ABSOLUTE,--TH 09-11--LELANG PERUNIT--HRG MULAI 3 JTAN-(21/12/2011) JAM 14.00--TEMPAT DI GEDUNG RRI PADANG JL.SUDIRMAN NO.12 PADANG--HUB. 08566266657.085278267095.081384 333535(PTALTO LELANG)

CV. BUDDY SUMUR BOR

CV. SAROHA ELEKTRONIK

Rp.13 Jt

Rp.9 Jt

Rp.6 Jt

Syarat ketentuan berlaku

AYO BURUAN!!!

Kalau bisa pakai PVC, Ngapain pakai besi Atau Rp. 1,5 Jt per batang (Pipa Gyp)

Hub : CV. BUDDY SUMUR BOR Komp. Gando Permata Cendana Mata Air Blok F No. 04 Padang (Depan Lapangan Voly) Gando Permata Telp. (0751) 765601 HP. (0751) 8212111, HP. 081266015111

NUSANTARA AC

Jl. Alai Timur No.77 Ampang Padang Telp. (0751) 40874

Sekarang paket air bersih ada pilihan

Jl. Gajah Mada (Simp Tinju) Padang Telp. (0751) 7711802 Mengerjakan / Menjual :

Melayani : PENJUALAN PEMASANGAN TUKAR TAMBAH PERBAIKAN BONGKAR PASANG SERVIS RENTAL AC

= = = = = = =

AC KULKAS KIPAS ANGIN DISPENSER AIR PANAS Semua Merk Baru & Bekas

- Isi Freon AC Mobil - Spare Part - Service Perbaikan - Pemasangan Bekas / Baru

ADEK : 08126752801

ANDA BUTUH DANA TUNAI?

Service Resmi Elektroluc Wilayah Sumbar

Dengan jaminan BPKB Mobil, Motor, Truck (Pinjaman 5 jt-50 jt) untuk mobil plat mobil BA, B, Th. 96. Untuk Motor Honda, Suzuki, Yamaha wilayah kota Padang, Kubu Karambia, Bukittinggi, Kota Padang Panjang. Hubungi : 082172913897, 08527411045

Iklan Baris

TOYOTA

Jaminan BPKB Motor, Mobil & Truck, Proses 1 hari cair, aturan ringa, bunga rendah Hub : HERIANTO, 085278614040

PROMO AKHIR TAHUN DISCOUNT !!! %

Kredit

3,9 / 1 th / Jw 5 th

SISKA.R

Rangka Metal, Asesoris, Lis Profil Melayani Siap Pasang Dalam/Luar Kota HUBUNGI GIPSUM : Jl. Andalas No. 7 Simp. Haru - Padang Telp.38555, 38573 Jl. By Pass Baru Km 9,5 No. 2 Padang Telp. 495411, 499262

AZZAM TEKNIK Service & Reparasi - KOMPOR GAS - AC - DISPENSER - KULKAS - MESIN CUCI - DLL Jl. Damar III No. 8 Padang HP. 081363124438/08126719800

DICARI SAMURAI ASLI

Avanza Innova Fortuner Yaris Vios Dyna

08116619781 0751-7847106

PAKET TOYOTA AVANZA E AVANZA G AVANZA S INOVA YARIS HILUX PU

DP. 18.793.000 DP. 20.816.000 DP. 22.308.000 DP. 29.462.000 DP. 23.187.000 DP. 17.800.000

082174421620 = KEHILANGAN STNK : BG 2199 UK An. Chandra Kartika. Hilang di sekitar Lubuk Buaya. Bagi yang menemukan harap lapor ke pos polisi terdekat, atau hub: 081374227158

Dijual Tanah : Jl. Aur Duri Indah IX No.10, luas 300m2 (15x20) SHM. Tanpa perantara. Hubungi: 0 8 5 2 1 0 2 6 6 1 6 1 , 085217856666

Hubungi:

KOMPLEK BANDARA TABING, JL. HAMKA PADANG Telp. (0751) 4488700 - 703, Fax. (0751) 4488704 Email Divisi Iklan : iklan_haluan@yahoo.com

DIJUAL : Mobil Jeep Katana BA 91 GI th 1996. Surat surat lengkap, harga bisa nego. Hubungi : HP. 081363644340

ALJUFRI

081374991979 / 0751 7855179

Pasang Iklan Anda disini ...

=

Padang

ANGS 3.733.000 ANGS 4.146.000 ANGS 4.458.000 ANGS 5.907.000 ANGS 4.642.000 ANGS 4.600.000

BONUS KARPET DASAR & SARUNG JOK

Hubungi

=

DIJUAL : SHM, Luas 7.000m2, Lokasi Gurun Laweh Kalumbuk Kec. Nanggalo. ada Rumah & Durian Unggul Nasional. Hub : HP. 08126708098

= Asli Jepang = Putus paku dan piring = Anti rasa dibawah 5 menit

Otomotif

Smart

Rp. 20.000,- / terbit

ANDA BUTUH DANA CEPAT

PUSAT GIPSUM PRODUKSI, DISTRIBUTOR, PAPAN GIPSUM

= RUMAH “Dijual Rumah siap huni Luas Tanah 104 M2 di Perumahan Jabal Rahma Lestari Blok B No 7 Kurao Aia Pacah Padang. Harga Rp250 Juta, bisa Nego, Hubungi : 081263423727”

791

PINDAH PRAKTEK

dr. WIDYA,Sp.KK Pindah ke : Jl. Seberang Padang Utara I No.4 RT.03 RW.I Padang LOKASI

RS. Tentara

Jl. Proklamasi

Smart

= PROPERTI

Iklan Baris Rp. 20.000,- / terbit

Klinik Griya Satya


EKONOMI DAN BISNIS 17

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

LINGKAR Smartphone Rajai Pasaran Ponsel JAKARTA, HALUAN — Dominasi pasar smartphone masih akan terjadi pada 2012 mendatang. Pertumbuhan smartphone dengan aneka jenis produknya, masih menunjukkan angka yang signifikan. Apalagi, beberapa tahun terakhir pergerakan cepat lahirnya produk smartphone aneka brand cukup terasa. Berdasarkan angka penjualan smartphone di Global Teleshop juga menunjukkan pertumbuhan yang tinggi. “Prospek smartphone masih sangat bagus di tahun 2012 nanti,” Andreas Thamrin Direktur Operasional Global Teleshop mengulas saat ditemui Tribunnews.com, dalam Grand Launcing Global Teleshop Superstore di Mampang, Jakarta, Sabtu (17/12). Ia menguraikan pertumbuhan penjualan untuk kategori smartphone dalam 2-3 tahun terakhir ini tumbuh 50 persen lebih. Itu pertumbuhan tiap tahunnya. Karenanya, ia optimis melihat besarnya pangsa pasar smartphone di Indonesia, 2012, pertumbuhan smartphone juga tidak akan kalah dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Kita rasa 2012 nanti juga tidak akan kalah. Akan tetap tinggi penjualan pertumbuhannya untuk smartphone. Maka itu kita sangat optimis,” ujarnya. Atas hal itu, Global Teleshop melihat peluang pasar yang besar akan itu, dan memfokuskan diri pada produk smartphone. “Karena kita punya penjualan sebagian besar adalah smartphone. Kalau penjualannya sebagian besar future phone ataupun hanphone itu malah turun drastis penjualannya. Berbeda dengan smartphone malah tumbuh tinggi. Maka kita berada di area itu,” jelasnya. Lebih lanjut, pasar BlackBerry hingga sekarang masih belum menunjukkan adanya penurunan penjualan. Alias masih terus tumbuh terus. Ditegaskannya, pertumbuhan penjualan android bakal merajai pasar di tahun 2012. Karena angka pertumbuhannya sendiri menunjukkan peningkatan yang luar biasa yakni 100 persen pada dua tahun belakangan bila dibanding awal produk ini masuk. “Saya rasa androidnya akan tumbuh terus. Kalau dibandingkan tahun lalu pertumbuhannya bisa 100 persen kali. Karena 2010 angkanya masih kecil. Jadi apapun pertumbuhannya akan besar sekali. Karena pada dasarnya kecil kan. Android secara operating system akan mendominasi. Kan apa yang ada dibelakangnya android kan banyak,” demikian dia menyakini. (h/trn)

Pasar Agro Kini Resmi Jadi Pasar Industri Kecil

AGAM, HALUAN — Pasar Agropolitan di Koto Hilalang kecamatan Ampek Angkek yang sudah bertahun-tahun gagal berfungsi sebagai pusat perdagangan sayur , Sabtu(17/12) diresmikan Bupati Agam Indra Catri sebagai pasar industri kecil dan menengah (IKM). Di pasar ini, dijual aneka produk kerajinan dan kuliner khas Agam. Pasar yang dibangun di masa kepemimpinan bupati Agam Aristo Munandar itu, semula ditujukan sebagai pasar sayur dan horti kultura. Melalui pasar tersebut dikumpulkan produk tani masyarakat Agam untuk kemudian di ekspor ke Malaysia dan Singapura, sebagai pendukungnya diadakan “cold storage” sebagai mesin pendingin sayur. Namun nyatanya pasar tersebut sulit diramaikan. Sementara upaya menampung dan memasarkan sayur ke luar negeri tidak dapat berjalan rutin dan mengalami kegagalan, kemudian pasar itu ditinggalkan dan seperti tidak terurus. Nasibnya hampir sama dengan Pasar Amur di Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua yang sejak dibangun 2004 sulit diramaikan yang akhirnya tidak berfungsi secara total. Sulitnya Pasar Agropolitan diramaikan, antara lain disebabkan kalah saing dengan sejumlah pasar tradisional terdekat yang telah ada sejak lama seperti Pasar Baso, Pasar Biaro, dan pasar itu juga dekat dengan pasar di kota Bukittinggi. Indra Catri dalam sambutannya mengakui bahwa untuk meramaikan pasar tersebut memang cukup berat. Diperlukan energi lebih dan kerja keras oleh berbagai pihak terutama oleh pengusaha kerajinan dan kuliner,

dengan menjual produk-produk berkualitas dan memberikan pelayanan prima dan nuansa khas terhadap pengunjung. Juga dikatakannya, pasar yang terletak persis di pinggiran jalan raya Bukittinggi-Payakumbuh itu sebenarnya cukup strategis. Pasar ini memiliki peluang besar untuk bersaing dengan pasar-pasar lain asal mampu menampilkan sesuatu yang menarik, dan pasar tersebut juga merupakan peluang bagi para pengusaha kerajinan dan aneka jenis makanan khas Agam untuk memasarkan produknya. Sementara Ketua Dekranasda Agam Ny.Vita Indra Catri mengatakan, pasar Agro Politan kini telah menjadi Galery Dekranasda, diharapkan mampu membangkitkan usaha mikro dan menengah yang kini tengah mengalami perkembangan. Pada acara peresmian Sabtu lalu itu telah banyak pedagang yang menggelar barang dagangannya, seperti hasil konveksi Ampek Angkek, cendera mata, dan aneka makanan tradisional. Menurut Kepala Dinas Koperindag Agam Adi Surya, sebagai tampilan perdana pasar tersebut akan diramaikan setiap hari Sabtu. “Kemudian kalau ada perkembangan ditambah dengan hari Minggu, namun setiap hari tetap ada beberapa kios yang dibuka,” urainya. (h/ks)

KASRA SCORPI

PASAR — Pasar Agro Politan di Koto Hilalang Ampek Angkek disulap menjadi pasar kerajinan dan kuliner khas Agam.

HARGA BERAS MELONJAK

Bulog Sumbar Gelar Operasi Pasar PADANG, HALUAN — Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Barat menggelar operasi pasar (OP) sebanyak 150 ton beras asal Vietnam di Kota Padang. Pengadaan OP tersebut bekerjasama dengan dengan Pemerintah Kota Padang. “Operasi pasar ini diadakan untuk mengantisipasi lonjakan harga beras di pasaran, terutama ini juga merupakan permintaan masyarakat melalui pemerintah,” kata Kepala Perum Bulog Divre Sumbar, Rizal Effendi ketika membuka acara OP di Pasar Raya Padang, Sabtu (17/12). Harga beras dengan kualitas kelas B atau menengah tersebut dijual dengan harga Rp6.800 per kilogram atau setara dengan Rp10.880 per gantang. Masyarakat Sumbar yang kebanyakan mengkonsumsi beras Solok tentu saja agak sulit untuk membelinya. Pasalnya, beras dengan kualitas tinggi tersebut harganya ada yang mencapai Rp18.000 per gantang. Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan, operasi pasar yang digear hari ini dilaksanakan secara serentak pada delapan titik pasar tradisional yang ada di Kota Padang. “Selain pasar induk yakni Pasar Raya

Padang, kita akan menggelar OP ini ke pasar lainnya, di antaranya Pasar Simpang Haru, Pasar Siteba, Pasar Bandar Buat dan Pasar Gaung,” kata Mahyeldi. Mahyeldi meminta kepada masyarakat agar memantau operasi pasar tersebut. “Apabila menemukan penyelewengan di lapangan supaya dilaporkan kepada pihak berwenang, agar ditindaklanjuti dan diproses,” ulasnya. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kota Padang Zabendri yang hadir pada kesempatan yang sama mengatakan, hingga bulan Maret harga beras diperkirakan akan cendrung mengalami kenaikan, karena sudah habis masa panen. Masyarakat Sumbar yang rata-rata mengkonsumsi beras Solok sudah mulai kewalahan membeli beras dengan kualitas tinggi tersebut. Sampai saat ini, harga beras Solok jenis Sokan dan Anak Daro dijual hingga harga Rp18 ribu per gantang, begitu juga dengan jenis Suntiang sekitar Rp16 ribu per gantangnya. Karena itulah, OP ini akan tetap berlangsung hingga harga beras kembali stabil. (h/mce)


18 EKONOMI DAN BISNIS

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

15 Proyek Migas Berproduksi Tahun Depan JAKARTA, HALUAN — Sebanyak 15 proyek minyak dan gas bumi (migas) akan mulai berproduksi tahun 2012. Total kapasitas produksi ke-15 proyek tersebut mencapai 1.158 juta standar kaki kubik gas bumi per hari dan 35.200 barel minyak per hari. Deputi Pengendalian Operasi, Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS), Rudi Rubiandini mengatakan mayoritas proyek-proyek itu baru mulai berproduksi pertengahan dan akhir tahun 2012. “Sehingga kontribusi pada penambahan rata-rata tahunan diperkirakan sebesar 400 juta standar kaki kubik per hari dan 15.000 barel minyak per hari,”

katanya di Jakarta, Minggu (18/ 12). Sebagaimana dikutip dari rilis BP Migas, proyek-proyek yang ditargetkan berproduksi antara lain, proyek KE-39, 40, dan 54 di Blok West Madura Offshore (WMO) dengan Operator Pertamina Hulu Energi (PHE) WMO dengan produksi 13.600 barel per hari mulai kuartal tiga 2012. Sementara, proyek South

Mahakam 1 dan 2 di blok Mahakam dengan operator Total E&P Indonesia mulai kuartal empat 2012 ditargetkan berproduksi 250 juta standar kaki kubik per hari dan 20.600 barel minyak per hari. Proyek yang tidak kalah besar adalah Terang Sirasun Batur dengan operator Kangean Energy yang produksi gas sebesar 300 juta standar kaki kubik per hari pada kuartal dua. Menurut Rudi, penambahan produksi dari proyekproyek tersebut merupakan salah satu upaya menahan laju penurunan alamiah produksi, khususnya minyak. “Kami ingin menahan laju penurunan dari 12 persen menjadi tiga persen,” katanya.

Namun upaya tersebut belum cukup. Dia menjelaskan, BPMIGAS akan melaksanakan percepatan pengembangan lapangan baru. Dari lapangan yang rencana pengembangannya (plan of development/PoD) sudah disetujui maupun PoD yang masih dalam proses persetujuan, termasuk lapangan idle Pertamina. Optimasi produksi di lapangan eksisting dan penerapan teknologi tingkat lanjut untuk mengangkat minyak (enhanced oil recovery/EOR) juga terus didorong. ”Kami akan mengupayakan tindakan khusus dan komprehensif yang out of the box untuk penambahan produksi di luar PoD ataupun rencana yang sudah ada,” kata Rudi. (h/tnr)

MANJO

25 Tahun Jajakan Tapai Ubi M JONI

CENGKEH — Buah cengkeh sedang dikeringkan oleh masyarakat untuk dipasarkan di Sago Kecamatan IV Jurai Pessel.

Harga Cengkeh Anjlok PAINAN, HALUAN — Harga cengkeh kering saat ini mengalami penurun tajam di pasaran. Dari Rp200 rikbu per kg, kini cengkeh kering hanya dihargai Rp 72 ribu per kg. Faktor yang memicu anjloknya harga cengkeh disebabkan kurangnya permintaan pasar. Meskipun harganya murah, masyarakat terpaksa harus menjualnya karena tuntutan kebutuhan ekonomi keluarga. Sedangkan pedagang pengumpul terus memburu cengkeh sampai ke pelosok perkampungan yang ada di Pessel. “Masyarakat petani berharap agar agar cengkeh terus naik di pasaran, pasalnya komoditas ini panennya musiman. Kemudian juga para pedagang pengumpul tidak akan mengeruk keuntungan yang besar dengan membeli cengkeh masyarakat dengan harga yang terlalu murah, dan dijual dengan harga mahal,” kata Saf, salah seorang petani di Sago kecamatan IV Jurai Pessel,Minggu (18/12).

Tingginya harga cengkeh akan dapat membantu meringankan beban petani dan tentunya ekonomi masyarakat akan semakin membaik. Meskipun panennya musiman, dari penjualan cengkeh tersebut petani akan dapat mengembangkan usaha lain yang mendatangkan hasil. Di kabupaten Pessel cengkeh merupakan salah satu andalan ekonomi masyarakat. Bahkan beberapa tahun lalu Pessel dikenal sebagai daerah produksi cengkeh. Sayangnya saat ini sudah banyak cengkeh milik petani yang sudah mati akibat berbagai penyakit tanaman. Kondisi ini membuat komoditas cengkeh semakin menipis di daerah ini Salah seorang pedagang pengumpul di Pasar Tarusan Pessel, Malin mengatakan, harga cengkeh sangat tergantung permintaan pasar. Bila kebutuhan permintaan tinggi dan persedian sedikit jelas harga cengkeh naik di pasaran. (h/mjn)

“TAPAI....tapai......tapai......,” suara Manjo (55) warga Padang Tabek, Lengayang, Pesisir Selatan terdengar sayup. Ia berjalan gontai di sisi jalan kampung. Perempuan menjelang senja itu menelusuri kampung kampung yang ada di Lengayang. Di kepalanya bertengger “tingkuluak” (kain digulung penahan beban di kepala-red) dan sebuah baskom ukuran sedang. Ia terus meneriakkan dagangannya untuk mengundang pembeli di sepanjang jalan. Di dalam baskom itu terdapat makanan tradisional yang disebut “tapai”. Terbuat dari ketela pohon atau ubi kayu. Manjo telah melakoni pekerjaan sebagai pembuat tapai dan menjajakannya sendiri semenjak dua puluh lima tahun lalu. Ia setia pada pekerjaannya itu, meski harus masuk kampung keluar kampung dengan baskomnya itu. Menurut Manjo, tapai yang di “jojokannya” itu, dijaga kualitas dan cita rasanya. Untuk menghasilkan tapai seperti itu ia harus hati hati meracik adonan, mulai dari pemilihan bahan utama yakni ubi hingga

pengolahan. Termasuk kesesuaian ragi dan jumlah ubi yang sebelumnya direbus. Dua puluh lima tahun membuat Manjo sangat telaten dalam mengolah bahan utama hingga menjadi tapai. Itu pulalah yang menyebabkan pelanggannya tetap menyukai produksinya itu. Meski peminat tapai rata rata orang tusa atau seumur dengannya, ternyata dari hasil penjualannya itu telah mampu menghidupi keluarganya. “Saya tidak mengemas tapai kedalam kantong atau wadah kemasan daun, serta tidak pula mematok harganya. Akan tetapi membiarkannya di dalam baskom untuk menjaga cita rasa,” kata Manjo. Namun menurutnya, untuk penentuan harga, bila ada pembeli biasanya ia menyesuaikan jumlah barang yang dijualnya dengan permintaan pembeli. Misalnya bila uang disodorkan pembeli Rp5.000, ia akan memberikan tapai sebanyak 10 hingga sebelas potong. Menurutnya, namun tidak jarang konsumen hanya membeli Rp1.000 saja. Itupun tetap ia layani dengan baik. Jika

MANJO (55) sedang melayani pembeli tapai. ukuran ubunya agak besar, maka dengan Rp1.000, konsumennya mendapatkan satu potong saja, namun jika ukuran biasa akan diberinya dua potong. Manjo menceritakan, setiap hari ia bisa menjual satu baskom tapai, dengan penghasilan bersih sekitar Rp30.000 hingga Rp35.000. Modal untuk pembuatan sekitar Rp25.000 per baskom. Dengan penghasilan itulah Manjo hidup anak beranak. Untuk menjual satu baskom biasanya ia tidak menjelajah

seluruh kampung, soalnya Manjo telah mengatur jadwal penjualan tapainya sedemikan rupa. Setiap hari ia hanya mengunjungi empat atau lima kampung saja. Selanjutnya, agar produksi tidak terputus, Manjo harus membuat tapai setiap hari. Setiap hari satu baskom. “Jadi agar pelanggan tidak kecewa, produksi tidak boleh terputus. Untuk itu biasanya guna mendapatkan bahan mentah saya di bantu anak anak,” katanya. (h/ Haridman Kambang)


WANITA DAN KELUARGA 19

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

ISTETI MURNI

Mengajar, Meneliti dan Menulis KEGIATAN penelitian, trainer, panitia – panitia seminar, bahkan sampai menjadi panitia turnamen olahraga , termasuk hobi dari Isteti Murni, dosen Sekolah Tinggi Tekhnologi Payakumbuh (STTP) ini. Sejak awal 2008 dosen STT Payakumbuh ini bersama tiga rekannya secara berturut – turut melakukan penelitian dengan kucuran dana dari Dikti pusat melalui

Pancake Kentang Bahan: 1 sachet engel sweet potato & carrot 150 ml susu cair rendah lemak 2 putih telur, kocok lepas 1 lembar smoked beef, potong dadu ¼ sdt baking powder Minyak sedikit untuk mengoles wajan Cara membuat: 1. Campur semua bahan menjadi satu. 2. Panaskan wajan datar. 3. Tuang pada wajan, masak hingga matang. Porsi saji: 3 buah Kalori: 329 kal Protein: 24 gr Lemak: 15 gr Karbohidrat: 37,5 gr. (kpl)

Bibir Selembut Sutera COSMO punya cara praktis untuk memperoleh kissable lips yang Anda harapkan. Lakukan eksfoliasi bibir rutin, setiap satu kali dalam seminggu. Caranya: 1. Campurkan dua sendok makan gula pasir, satu sendok teh madu, dan beberapa tetes olive oil ke dalam mangkuk hingga berbentuk pasta. 2. Gosok bibir Anda dengan pasta tersebut secara perlahan. Bila perlu, gunakan sikat gigi berbulu lembut. 3. Bersihkan dengan air hangat, lalu oleskan lip balm untuk membuat bibir Anda ekstra lembut! Guess what? It’s ready to be kissed! (kpl)

Kompertis Wilayah X ( sepuluh ). Astuti Masdar, ST, MT melakukan “ Penelian Hibah Bersaing “ tahun 2009, Isteti Murni, MEB Penelitian dosen Muda tahun 2010,Ranti Irsa,M. Kom Penelitian Dosen Muda 2011, serta Resmi Darmi Peneliti dosen Muda dapat dana dari Kompertis Wilayah X juga. Suntikan dana dari Dikti lewat Kompertis wilayah X itu kata Isteti antara Rp 10 Juta sampai Rp 50 Juta. “Bahkan 2010 lalu kami melakukan penelitian “Penerapan Konsep Konsolidasi Tanah Perkotaan “ bekerjasama dengan lembaga Penelitian STTP serta Dinas Tata Kota dan Kebersihan. “Sebagai leader saya sendiri,” kata dosen kelahiran 10 September 1962 Payakumbuh ini, dalam kesempatan wawancara dengan Haluan diruang kerjanya STT Payakumbuh Jalan Khatib Sulaiman Sawah Padang Payakumbuh Rabu pekan lalu. Ibu berbobot 76 Kg dan tinggi 162 Cm yang sedang menyelesaikan S 3 pada Universiti Kebangsaan Malaysia ini, juga senang olah raga bulutangkis. Selain itu ia juga menyebut kegiatan menulis, meneliti, dan mengajar

merupakan hobi serta makan paginya. Dosen yang sudah 12 tahun di Malaysia dan bolak – balik Kualalumpur- Payakumbuh Sumatera Barat ini ketika ditanya tentang prospek STT Payakumbuh, menyebut optimis bakal berkembang baik dan para mahasiswanya sudah banyak yang berhasil. Namun diakui sejak berdiri , beberapa tahun belakangan ini kurang banyak memamfaatkan potensi pers hingga kurang terekpose. Saat ini juga ada dua dosen STT Payakumbuh atau dosen tetap sedang menyelesaikan program doctor, Noviarti,SP,MSC menyelesaikan S 3 di Malaysia serta Astuti Masdar, ST, MT menyelesaikan S3 di Univ Gajah Mada. “Prestasi mahasiswa, baik akademis, kesenian, dan olahraga cukup memiliki prospek cerah, apalagi hadirnya Erizal Azhar, SE, MBA menjadi ketua STT Payakumbuh, “kata wanita yang pernah bekerja pada Harian Suara Karya Perwakilan Sumatera Barat dimasa SMA dan kuliah di Padang. Sebagai contoh Desember 2009 STT Payakumbuh dipercaya sebagai Penyelenggara Turnamen Terbuka Vollyeball Kompertis Wilayah X diikuti 16 tim putera serta 8 tim puteri asal Sumbar, Riau Kepri, serta Jambi. Tim puteri STT Payakumbuh berhasil keluar sebagai juara I.Dibuntuti pada posisi II dan III oleh tim AMIK Bukittinggi,

Jika Pacar tak Kunjung Melamar

SETELAH menjalin hubungan sekian lama dengan si dia, rasanya tak salah jika Anda berharap si dia akan mengajak Anda menikah. Satu-satunya masalah adalah terkadang pria membuat Anda terlalu lama menunggu sampai ia meminta Anda menikah dengannya. Ketika Anda sudah siap untuk memasuki jenjang selanjutnya, namun ia belum juga tergerak dan untuk mengajak Anda menikah, mungkin Anda bisa melihat alasan di balik itu semua. 1. Fobia Mungkin tak ada yang perlu ia khawatirkan ketika meminta Anda menjadi kekasihnya. Namun menikah merupakan persoalan lain buatnya. Pernikahan yang hakekatnya seumur hidup seringkali membuatnya ketakutan, karena pernikahan merupakan puncak dari komitmen. Kekhawatiran tersebut bukan karena ia tak sungguh-sungguh mencintai Anda, melainkan akibat rasa takut yang sifatnya sementara. Komitmen yang kuat akan membantu mengatasi hal ini. Ajak ia berbicara, dan tanyakan apa yang menjadi ketakutannya. Tunjukkan padanya bahwa Anda berkomitmen untuk berbagi cinta satu sama lain sehingga waktu pun bisa dilewati. 2. Hilang kebebasan

Banyak pria yang takut untuk menikah karena bayangbayang kegagalan pernikahan yang seringkali mereka lihat di televisi, atau dari pengalaman orangtua dan teman-temannya. Kadang mereka merasa takut dikendalikan oleh istri mereka, sehingga mereka tidak akan bebas melakukan apapun. Wajar bila ia mengkhawatirkannya, karena tidak ada seorang pun yang mau berada dalam pernikahan dimana ada salah satu orang yang mengontrol orang lainnya. Untuk mengatasinya, katakan kepada si dia tentang impian pernikahan Anda dan juga keluarga yang ingin Anda bina bersamanya. 3. Takut bercerai Pasangan menganggap bahwa perceraian bisa saja terjadi ketika Anda berdua menikah. Komunikasi memegang peranan yang sangat penting dalam hubungan yang sehat. Bicaralah tentang masalah perceraian ini, dan katakan bahwa ia tak perlu khawatir akan hal ini. Jika Anda bisa membangun komunikasi yang baik, memiliki rasa saling percaya, saling pengertian, dan saling berkomitmen dengan kehidupan perkawinan Anda, untuk apa memikirkan tentang perceraian? 4. Belum siap Kualitas dan mental diri sebelum masuk ke gerbang pernikahan memang sangat diperlukan. Waktu

yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri bagi setiap orang pun berbeda-beda. Pria membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan kualitas diri dan mental untuk menikah dibanding dengan perempuan. 5. Ia memang tak mau menikahi Anda Ketika ia lama tak meminta Anda menikah dengannya, maka kemungkinan ia merasa sudah nyaman dengan keadaannya saat ini, dan tidak ingin mengubahnya. Ia percaya bahwa menikah bisa mengubah kebiasaan-kebiasaannya, nilainilainya, boleh dibilang seluruh hidupnya, sehingga ia tak mau melakukannya. Satu pertanda yang bisa Anda lihat dari perbuatannya ketika ia kerap mengalihkan pertanyaan Anda tentang pernikahan. Ketika kejadian ini sudah seringkali terjadi, maka sebaiknya Anda memutuskan untuk tetap bersamanya atau tidak. (kcm)

Dibutuhkan Segera

1. FOTOGRAFER Syarat - syarat : a. Pria minimal D III Diutamakan berlatar belakang jurusan fotografi b. Jago motret dengan baik dan benar (secara teknik dan ide) terutama potraitur, human interest serta contoh karya foto (terlampir) c. Umur Maksimum 35 tahun d. Pengalaman di bidang fotografi minimal satu tahun e. Punya Kendaraan sendiri f. Komunikatif dan memiliki kepribadian yang baik g. Bersedia bekerja berdasarkan target dan mampu bekerja dalam tekanan h. Disiplin, rajin, dan mampu bekerjasama dengan tim

Usaha Apa dengan Rp10 Juta? Diasuh oleh MUINA ENGLO Pimpinan Ford Padang Bu Meme Yth, Kami baru saja mendapat sedikit rezeki, meski jumlahnya tak terlalu banyak, tapi rasanya cukuplah untuk menjalankan sebuah usaha. Kira-kira, usaha apa ya Bu, yang bisa dijalankan dengan dana sekitar Rp10 juta, yang cepat perputaran modalnya dan tak perlu sewa tempat? O ya, saya seorang pegawai dan istri seorang karyawan swasta. Kami bekerja hingga pukul 17.00 WIB, dan di rumah hanya kami berdua, karena kami belum punya anak. Usia kami 30 tahun dan 29 tahun. Terimakasih Bu, Dody, Padang Dear pak Dody, Alhamdullilah bahwa bapak diberi sedikit rejeki tambahan. Pak Dody yang terkasih, usaha apapun bagus namun usaha sebagus apapun tidak akan pernah menjadi bagus bagi kita yang hanya melihatnya dari kejauhan. Dibutuhkan survey, mental dan keterlibatan kita dalam setiap usaha yang kita lakukan. Orang banyak selalu cenderung “ingin instan” yakni dengan dana sedikit, biaya super sedikit, putaran besar, balik modal cepat (kadang sampai lupa bahwa buka usaha bukan hanya untuk balik modal). Jika dunia menawarkan kemudahan seperti itu, rasa-rasanya di dunia ini sudah tidak ada orang miskin. Kesejahtraan hidup kita berbanding lurus dengan usaha / kinerja yang kita lakukan setiap saat dalam proses yang berkesinambungan. Jika jam kerja bapak dan ibu sampai jam 17 : 00 , bapak dan ibu bisa survey usaha yang dimulai dari malam hari (biasanya saya lihat mereka memulainya dari pukul 18:00 ). Bapak dan ibu bisa buka cafe di ruko –ruko yang biasa tutup setelah office hour dan tentu biasanya bisa bapak dan ibu negosiasikan apakah perlu bayaran atau tidak. Jika bapak dan ibu kuatir sibuk karena siang hari sudah bekerja dan tidak sempat menyediakan makanan yang akan dijual, bapak dan ibu bisa jual minuman saja. Atau bisa juga bapak dan ibu mencari lokasi yang baik, negosiasikan pada pemilik lokasi, kemudian ibu dan bapak sewakan tempat-tempat tersebut pada penjual makanan yang enak (kalau jual makanan tidak enak, usaha PASTI sepi). I tu hanya salah satu dari ribuan ide. Semua ide bisnis dimulai dari pengenalan kita akan prospek usaha dan kemampuan kita menjalankan usaha tersebut supaya tidak hanya menjadi wacana (apakah kita punya waktu untuk berproses). Masih tersedia banyak pilihan usaha yang bisa dilakukan malam hari namun secara umum saya melihatnya lebih cenderung pada makanan / minuman karena pada jam after office hour, orang cenderung memuaskan rasa lelah sehari kerjanya dengan relax di tempat makan / minum. Salam sukses selalu, Muina Englo dan Team FORD PADANG

klik kami di www.harianhaluan.com

Bagi yang memenuhi persyaratan diatas, kirimkan lamaran CV, Pasphoto 4x6 terbaru Anda ke :

Selambat-lambatnya 1 (satu) minggu iklan ini diterbitkan. Aplikasi tutup tanggal 12 Desember 2011

KONSULTASI KEUANGAN

nggak sempat baca

2. GRAFIS Syarat - syarat : a. Pria minimal D III b. Menguasai adobe photoshop, freehand, corel draw, c. Memiliki kemampuan untuk membuat karikatur, grafis, manga, marvel & anatomi wajah d. Memiliki minimal 3 original hasil design (terlampir) e. Umur Maksimal 35 tahun f. Pengalaman di bidang grafis minimal 1 tahun g. Mampu bekerja sesuai deadline dan tempo kerja yang cepat h. Memiliki jiwa muda dan mampu bekerja dalam tim i. Mempunyai daya tahan tubuh dan kesehatan yang baik

HRD Harian Umum Haluan Padang Komplek Bandara Tabing Jl. Hamka Padang

dan STKIP PGRI Padang. Bahagian putera juara I, II, dan III didapat Universitas Batam, STT Payakumbuh, serta Univ. Batanghari Jambi, yang dana penyelenggaraannya juga berasal dari Dikti melalui Kompertis Wilayah X. Dalam penyelenggaraan turnamen tersebut, dirinya juga dipercaya sebagai ketua panitia. Rasa optimis bakal diraih prestasi bagi para mahasiswa STT ataupun para dosennya, tentu dengan besar perhatian Pemda Kota Payakumbuh kini dipimpin Walikota Josrizal Zain,SE, MM, dan ketua DPRD Wilman Singkuan,S.Sos. Ide pendirian STT Payakumbuh agar lulusan SMA, SMK sederajat bisa melanjutkan Keperguruan Tinggi lebih banyak , memang sudah mulai membuahkan hasil. Hampir 200 lebih jeblosan STT Payakumbuh sudah terjun kemasyarakat dan menepati janji yang diucapkan setiap wisuda,. Mahasiswa STT yang dalam proses kuliah saat ini 600 orang lebih, tinggal bagaimana mengaplikasikan Tridharma Perguruan Tinggi, menimba ilmu pengetahuan dengan kerja keras. Untuk mendapatkan yang manis , memang kita harus merasakan pahitnya,” tutur penggemar David Villa yang sudah sering berlanglangbuana selain Malaysia, juga ke Singapura, dan Thailand ini. (h/snt)

IGD 24 jam


20

LIPUTAN KHUSUS

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

Foto Bersama

PENGURUS DPD KUKMI SUMBAR DIKUKUHKAN

KUKMI Rayakan HUT ke-32

PENGURUS DPD Kerukunan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (KUKMI) Sumbar periode 2011-2016 dilantik oleh Ketua Umum DPP KUKMI HM Azwir Dainy Tara di Hotel Pangeran Beach Padang, Jumat (16/12) lalu. Untuk Ketua DPD dipercayakan kepada Asril Kasoema, serta Ketua Harian Syaharman

Zanhar. Mereka dibantu oleh delapan wakil ketua, diantaranya Zulkifli, Rusdi Bais, Tafyani Kasim, Muchsis Muchtar, Ismaliar, Ricap S cecep, Dinul Akbar dan Alfirman, serta dibantu oleh sekretaris Rustam. Selain itu, mereka juga dibantu oleh 13 biro yang siap menjalankan program KUKMI Sumbar. Selain dihadiri pengurus Gol-

kar se-Sumbar, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim. Selain itu, juga datang Ketua DPD KUKMI Bali dan Bandung, serta undangan lainnya. Dalam kesempatan itu, HM Azwir Dainy Tara mengingatkan kepada Pengurus DPD KUKMI Sumbar, untuk tidak mengemis kepada pemerintah, tetapi harus

memikirkan apa yang harus diberikan kepada pemerintah, baik dari segi moril, maupun materil. KUKMI juga didorong untuk membantu pengusaha kecil menengah melalui berbagai program kredit dan keur, baik dari pemerintahan maupun perbankan. Selain prosesi pelantikan dan pengukuhan, digelar juga resepsi

ualng tahun KUKMI yang ke32. Acara ini berlangsung sederhana, dengan menampilkan beberapa tarian Minangkabau, serta seremonial pemotongan kue ulang tahun. ***

SAMBUTAN Ketua Umum DPP KUKMI HM Azwir Dainy Tara

SAMBUTAN Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim

SAMBUTAN Ketua Panitia Pelaksana Syaharman Zanhar

KATA Sambutan Ketua DPD KUKMI Sumbar Asril Kasoema

KETUA Umum DPP KUKMI HM Azwir Dainy Tara potong kue ulang tahun

TIUP lilin

PENYERAHAN panji kebesaran oleh Ketua Umum DPP KUKMI HM Azwir Dainy Tara kepada Ketua DPD KUKMI Sumbar Asril Kasoema PELANTIKAN Pengurus DPD KUKMI Sumbar oleh Ketua Umum DPP KUKMI HM Azwir Dainy Tara

TARI Pasambahan

TARI Piring

NYANYI selamat ulang tahun secara bersama


Sarantau Sasurambi

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

SOLOK SELATAN

21

LINGKAR Saham Pemkab Solsel di BPD Rp4,5 Miliar SOLSEL, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Solok Selatan memiliki saham Rp4,5 miliar lebih di Bank Pembangunan Daerah (BPD). Sebelumnya, Pemda Solsel telah menanamkan modal sebesar Rp4 miliar lebih. Dari penyertaan modal tersebut memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,8 miliar. Pendapatan itu meningkat dari penghasilan tahun 2010 yang hanya mencapai Rp1,115 miliar. Hal itu disampaikan Kepala Dinas DPPKAD Solok Selatan Yulius saat ditemui Haluan beberapa waktu lalu. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dibahas dan ditetapkan pembagian hasil dan penyetoran penyertaan modal. Dikatakan Yulius, Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan menyertakan tambahan modal Rp633 juta. “PAD dari Bank BPD meningkat setiap tahunnya, rencana tahun 2012 kita bakal menambahkan saham sebesar Rp1,3 miliar,” jelasnya. Yulius berharap keuangan BPD semakin meningkat agar Pemda Solsel juga mendapatkan peningkatan pendapatan. “Semoga pemimpin Bank BPD selalu dari orang yang profesional dan bervisi mengembangkan potensi keuangan daerah,” ucapnya sambil tersenyum. (h/col).

RUMAH JAMA — Inilah salah satu bangunan sejarah bekas peninggalan masa Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI). Rumah Jama ini merupakan markas I Ketua PDRI Mr Sjafruddin Prawiranegara di Bidar Alam.

Solsel Simpan Ratusan Objek Wisata SOLSEL, HALUAN — Kabupaten Solok Selatan memiliki ratusan kekayaan alam dan budaya yang dapat dijadikan objek wisata. Setidaknya, terdapat 40 objek wisata alam, 116 wisata budaya, 4 wisata agro dan 7 wisata kuliner. Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Natsuwarman saat ditemui Haluan, Kamis (15/12) di ruang kerjanya menjelaskan, kekayaan alam dan budaya Nagari Seribu Rumah Gadang itu dapat dijadikan ikon pariwisata. “Daerah kita kaya wisata alam dan beragam budaya. Rencana ke depan, bagaimana potensi alam dan wisata itu terkemas dengan baik, sehingga dapat dijadikan ikon pariwisata,” jelasnya. Objek wisata yang tersebar di tujuh kecamatan memiliki dua jenis, yaitu jenis wisata alam dan wisata budaya yang didukung dengan wisata kuliner. Data Disbudpar Solsel menyebutkan ada 7 jenis kuliner yang menjadi ciri khas kuliner Solok Selatan. Nagari seribu bunga itu memiliki kuliner Palai Belut, Limpiang Pinyaram, Ampiang, Tumbang Pisang, Nasi Kunyit, Pangek Pisang dan Jando. Barangkali terasa aneh nama kuliner yang terakhir, Jando. Pada umumnya, bahasa Minagkabau memahami Jando (jandaIndonesia) sebagai sebutan bagi wanita yang ditinggal cerai suaminya. Namun kuliner Jando merupakan makanan khas Solok Selatan dengan bahan dasar tepung beras dan pisang besung. Wisata alam dan budaya tersebar hampir merata dimiliki kecamatan. Di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh terdapat 9 objek wisata alam dan 22 objek wisata budaya, Kecamatan Sungai Pagu mempunyai 6 objek wisata alam dan 24 objek wisata budaya, Kecamatan Pauh Duo memiliki 5 objek wisata alam, 1 objek wisata agro dan 13 objek wisata budaya, Kecamatan Sangir terdapat 11 objek wisata alam, 1 objek wisata agro dan 18 objek wisata budaya, Kecamatan Sangir Jujuan memiliki 3 objek wisata alam dan 15 objek wisata budaya, Kecamatan Sangir Balai Janggo mempunyai 3 objek wisata alam, 1 objek wisata agro dan 13 objek wisata budaya. Sementara Kecamatan Sangir Batanghari memiliki 3 objek wisata alam, 16 objek wisata budaya dan 1 objek wisata agro. Dikatakan Kepala Dinas Natsuwarman, Pemkab Solsel memiliki fokus pengembangan wisata waterboom Sapan Maluluang yang terletak di Jorong Pekonina Nagari Kapau Alam Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo. (h/col).

ICOL

BANTUAN LAMA MASIH ‘NGANGGUR’

Empat Mobil Baru Datang Lagi

SOLSEL, HALUAN — Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi (Dishubinforkom) Kabupaten Solok Selatan kedatangan 4 unit mobil angkutan barang untuk nagari terisolir. Sebelumnya sudah ada sebanyak 9 unit truk angkutan barang DAK-SPP-2009, untuk fungsi yang sama, namun masih terlantar hingga kini. Kepala Dishubinforkom Solsel diwakili Kepala Bidang Pelayanan, Mulyoferi mengatakan,

pengadaan kendaraan tersebut bertujuan memperlancar jasa transportasi terutama pengang-

kutan hasil tani daerah tertinggal. “Pengadaan mobil angkutan barang itu bertujuan membantu masyarakat daerah tertinggal untuk mendistribusikan hasil taninya,” ujar Kabid Mulyoferi saat ditemui Haluan di ruang kerjanya, Jumat (16/12). Kini, Dishubinforkom memiliki 13 unit mobil angkutan barang yang rencananya disalurkan ke nagari yang dianggap terisolir. Namun masih menunggu 9 unit mobil lama yang masih dalam

Jumlah Anggaran BOS SD dan SLTP Meningkat

SOLSEL, HALUAN — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Solok Selatan menyampaikan rencana peningkatan anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Peningkatan itu mencapai 46,1 persen untuk sekolah dasar (SD) dan 24,56 persen untuk tingkat sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP). Dana BOS diberikan kepada sekolah bersangkutan berdasarkan jumlah siswa. Karena itu, bisa jadi setiap sekolah menerima dana BOS yang berbeda. Di Solsel, sekolah yang paling banyak mendapat dana BOS adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Muara Labuh Solsel. Jumlah siswanya mencapai 310 orang. “Setiap sekolah menerima dana BOS dalam jumlah yang berbeda berdasarkan banyak siswa di sekolah tersebut,” jelas Eri Budiman, unit pendataan SD. Dari data yang dihimpun Haluan, Kamis (15/12), Triwulan I dan II, murid SD berjumlah

20.828 orang dan murid SLTP berjumlah 5.415 orang, total berjumlah 26.243 orang. Sementara triwulan III dan IV, siswa SD berjumlah 20.762 orang dan siswa SMP berjumlah 5470 orang, total berjumlah 26.232 orang siswa. “Murid SD menurun sebanyak 66 orang dan siswa SMP meningkat sebanyak 55 orang,” ujar Eri Budiman. Besaran dana anggaran BOS direncanakan meningkat dari Rp397 ribu untuk SD setiap orang siswa pertahun naik menjadi Rp580 ribu setiap orang siswa pertahun. Sedangkan SMP, dari Rp570 ribu persiswa pertahunnya direncanakan naik menjadi Rp710 ribu persiswa pertahunnya. Prosedur penyaluran BOS juga berbeda dari sebelumnya yang berbelit-belit. Tahun 2012 ini dana BOS dari pusat disalurkan melalui kas daerah provinsi terus ke rekening sekolah. (h/col)

perbaikan. “Mobil angkutan barang yang ada masih dalam perbaikan, semoga saja akhir bulan ini penyaluran mobil dari Dishub kepada nagari tuntas,” katanya. Langkah Dishub untuk menyediakan jasa transportasi angkutan barang patut mendapat acungan jempol. Karena dengan mobil itu, daerah yang selama ini sulit mendistribusikan hasil taninya dapat terbantu. Namun, pemeliharaan aset berupa angkutan barang itu perlu pertimbangan yang matang. Dikatakan Mulyono, mobil diserahkan pengelolaan kepada nagari bersangkutan dan di bawah pantauan dinas terkait. Kabarnya, Dishub tidak lagi menganggarkan perawatan mobil setelah diserah terimakan kepada nagari. Namun Dishub memiliki kewenangan untuk menarik mobil tersebut. “Kita berkewenangan menarik mobil dan memindahkan kepada nagari lain yang dirasa memerlukannya,” jelasnya. Mengenai tarif mobil, dijelaskan Kabid Pelayanan Mulyono bahwa tarif ditentukan daerah bersangkutan berdasarkan musyawarah pemerintah kecamatan, pemerintah nagari dan masyarakat tani. Prinsipnya, tarif mesti memihak rakyat dan diupayakan semurah mungkin. “Untuk pengaturan operasional mobil angkutan barang itu nantinya perlu peraturan tingkat kecamatan,” kata Mulyono. Sebelum jauh bercerita, semua yang dikatakan Kabid Pelayanan

Dishubinforkom Solsel itu masih dalam perencanaan. Untuk mewujudkan rencana menjadi realitas yang benar terjadi tidaklah semudah mengucapkan, butuh kesungguhan dan tindakan nyata. Selama ini, Dishubinforkom banyak merencanakan, namun masih jarang aplikasinya. Belajar dari sejarah 9 unit mobil angkutan barang dulu, hingga kini mobil belum juga disalurkan. Dikonfirmasikan kepada dinas terkait, jawaban hanyalah ketidaktahuan dan meletakkan kesalahan pada pejabat terdahulu. Pendek kata, keteledoran itu menyebabkan 9 unit mobil itu merana dalam gudang. Bahkan anehnya, mobil yang dititipkan dalam gudang terkunci dan berpengawal itu bisa juga hilang aki, terpal dan lainnya. Dikhawatirkan, 4 unit kendaraan baru beroda enam dengan spesifik Dyna 6 R Chasis 110 PS FT Power Steering bakal mengalami nasib yang sama. Banyak memang yang harus diperbaiki Dinas Perhubungan Solok Selatan, seperti pengadaan rambu-rambu lalu lintas. Masih banyak tikungan jalan, jembatan sempit dan rambu lain yang belum tersedia. Padahal kondisi jalan di Kabupaten Solok Selatan banyak tikungan, sempit dan persimpangan jalan yang membutuhkan rambu. Malah rambu yang ada belum terawat dengan baik, seperti rambu yang telah ditutupi semak dan rambu yang tumbang kurang mendapat perhatian. (h/col)

PERINGATAN HBN

Bidar Alam Basis Pertahanan PDRI HARI ini, Senin (19/12) bertepatan dengan peringatan Hari Bela Negara (HBN). Seluruh bangsa Indonesia memperingati HBN, demikian halnya masyarakat di Kabupaten Solok Selatan. Peringatan HBN tahun ini diwarnai kebahagian. Betapa tidak, usaha berbuah hasil, akhirnya pimpinan PDRI Sjafruddin Prawiranegara dianugerahi gelar Pahlawan

Nasional. Gelar kehormatan itu diberikan Pemerintah Indonesia kepada ahli waris di Istana Negara bulan lalu. Barangkali tidak banyak yang tahu, anugerah gelar Pahlawan nasional yang disematkan kepada pimpinan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) itu merupakan buah dari perjuangan panjang.

ICOL

DI LOKASI ini pernah berdiri radio AURI pimpinan Tamimi.

Sebagai Pimpinan Pemerintah Darurat Republik Indonesia, sejak lama Sjafruddin diusulkan menjadi pahlawan nasional berkat jasa-jasanya mempertahankan kesinambungan pemerintahan Republik Indonesia (RI). Usulan itu tidak lepas dari rekomendasi hasil seminar nasional Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Kabupaten Solok Selatan ketika Bupati Solsel dijabat Syafrizal J. Nagari Bidar Alam sebuah mata rantai sejarah yang nyaris dilupakan, namun tak dapat dipungkiri bahwa Nagari Bidar Alam pernah menjadi basis persembunyian Sjafruddin Prawiranegara. Dijadikannya Bidar Alam sebagai basis perjuangan berawal dari peristiwa pengeboman pusat PDRI di Bukittinggi oleh Belanda. Untuk tetap bertahan, Sjafruddin dan kawankawan memutuskan untuk bergerilya menghindari serangan Belanda guna menyusun kekuatan. Perjalanan rombongan diteruskan ke Bangkinang, Teluk Kuantan, Sungai Dareh, Bidar Alam melewati Abai Siat dan Abai Sangir. Di sini

rombongan dibagi tiga dan bertemu lagi di Bidar Alam. Banyak peninggalan sejarah yang masih utuh di nagari itu. Seperti rumah Jama Sjafruddin Prawiranegara yang menjadi markas I Ketua PDRI, surau Bulian yang menjadi stasiun pemancar radio AURI yang dibawa dari Bukittinggi, serta Masjid Nurul Falah Mr Sjafruddin Prawiranegara, tugu peringatan basis PDRI Bidar Alam dan beberapa rumah penduduk yang pernah ditempati Sjafruddin Prawiranegara. Rumah Jama merupakan markas persembunyian pimpinan PDRI. Selama dalam persembunyiannya, di sinilah beberapa sidang PDRI berlangsung. Rumah Jama pernah dikunjungi Menteri Sosial Bakhtiar Chamsyah. Kunjungan Mensos sekaligus menyerahkan bantuan dana pemeliharaan rumah bersejarah tersebut. Kini kondisi rumah kurang terurus, pagar pengaman bangunan bersejarah telah raib. Taman di sekitar rumah juga kurang mendapat perhatian, bahkan plang nama bangunan bersejarah itu menggunakan ikatan

tali. Rumah PDRI merupakan saksi perjuangan perlawanan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kedaulatan negara Republik Indonesia dari cengkeraman penjajahan Belanda. “Rumah PDRI ini digunakan sebagai pos keamanan pada waktu Pemerintahan Darurat Republik Indonesia yang pernah menjadi tempat berlangsungnya sidang kabinet PDRI dari Januari sampai April 1949,” ujar Hasan, Ketua Veteran Solok Selatan. Sementara Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Natsuwarman, mengatakan, Rumah PDRI terletak di Nagari Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuan, berjarak sekira 27 km dari ibukota kabupaten Padang Aro. Bila dikembangkan, Rumah PDRI dapat dijadikan tempat wisata sejarah perjuangan bangsa Indonesia tanpa merubah corak lama bangunan itu. Namun lokasi yang sempit kurang mendukung pengembangan wisata. Tidak jauh dari rumah Jama, berseberangan jalan

sekitar 50 meter, terdapat Surau Bulian. Di surau itu dipasang Pemancar Radio AURI sebagai alat komunikasi utama PDRI di Bidar Alam tahun 1949 dengan pejuang lain di Indonesia dan luar negeri. Tim operasional sebanyak 5 orang dan dipimpin Dick Tamimi. Mereka itu adalah Opsir Muda Dick Tamimi, Ops Muda Udara III Umar Said Noor, Serma Udara Kusnadi, Sersan Udara Rr. Udojo, Kopral Udara Zainal Abidin. “Melalui radio itu, Sjafruddin berhubungan dengan pusat PDRI di Kototinggi serta anggota-anggota PDRI di Jawa dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang menyampaikan radiogram PDRI hingga ke luar negeri,” ujar Syamsurizaldi salah seorang pemakalah dalam seminar nasional yang diselenggarakan Pemkab Solsel. Ketika pejuang PDRI bergerilya, dua stasiun Radio AURI turut dibawa bersama rombongan. Namun stasiun radio AURI pimpinan Lahukay saat tiba di Halaban tidak sempat mengudara, karena

dibumihanguskan oleh Belanda. Stasiun radio AURI dibawah pimpinan Tamimi diserahkan kepada PDRI (Sjafruddin Parwiranegara) untuk melayani komunikasi radio rombongan yang tengah bergerilya. Stasiun radio itu ikut serta bergerilya hingga ke tempat pengungsian di Bidar Alam. Radio PDRI yang turut mengawal perjalanan perjuangan PDRI, akhirnya menjelma menjadi Radio Republik Indonesia stasiun Bukittinggi. Radio yang penuh dengan sejarah dan berperan penting dalam menjalin komunikasi antar daerah di Indonesia. Radio yang turut berjuang menjaga keutuhan NKRI. Radio yang mengumandangkan kepada dunia bahwa NKRI masih tetap berdiri teguh meski para pemimpinnya ditahan. Stasiun radio yang patut diberi label radio perjuangan. dalam menyampaikan pesan-pesan pembangunan demi tujuan memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat. Sayangnya, radio PDRI di Bidar Alam hanya tinggal nama belaka. (h/icol dianto).


22 BUKITTINGGI DAN AGAM

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

Pemko Tak Serius Benahi Pasar Atas

LINGKAR Bantuan PAKEM se-Banuhampu Diserahkan AGAM, HALUAN — Bupati Agam Indra Catri menyerahkan bantuan Panitia Kemitraan (PAKEM) kepada kelompok pemanfaat PNPM perkotaan se Kecamatan Banuhampu di Balerong Nagari Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Agam, Minggu ( 18/12 ). Turut hadir pada kesempatan itu Camat Banuhampu Yunilson, wali nagari se Kecamatan Banuhampu serta tokoh masyarakat dan kelompok pemanfaat. Dalam sambutannya Bupati Agam Indra Catri mengatakan, perhatian Pemerintah Kabupaten Agam dalam menggenjot pembangunan terus ditingkatkan, melalui dana-dana pendampingan yang sengaja dialokasikan dari dana APBD. Namun yang diperlukan, pertama menjaga apa yang telah diformat dalam program. Kedua bagaimana memelihara dan melanjutkan kesinambungan program. Yang ketiga bagaimana memanfaatkan program yang diluncurkan pemerintah. “Kita berharap, kelanjutan program pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat merupakan sebuah keharusan,” ajak Indra Catri. Menurut fasilitator PNPM Perkotaan Banuhampu Afriandi Rahman, bantuan setara Paket dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten Agam melalui dana PNPM Perkotaan, dimana khusus untuk Kabupaten Agam, hanya Kecamatan Banuhampu satu-satunya penerima dana alokasi PNPM Perkotaan. Bantuan yang diserahkan melalui Panitia Kemitraan (PAKEM) itu berupa alat-alat mesin pertanian, seperti traktor tangan dan lainnya, termasuk penyerahan dana goro badunsanak arahan bupati yang sudah dialokasikan dalam APBD Agam. (h/jon)

Gelar Wisata Buru Babi AGAM, HALUAN — Anak Nagari Matur, Kecamatan Matur yang tergabung dalam Agro Wisata Madani, menggelar olahraga buru babi wisata yang dimulai dari Puncak Lawang dan berakhir di SMK Negeri 1 Matur, Jorong Cubadak Lilin, Minggu (18/12). Jalur yang dilintasi para pecandu hobi buru babi itu melintasi bebarapa obyek wisata dalam nagari setempat serta melintasi perkebunan tebu masyarakat. Buru babi yang dimulai dari Puncak Lawang hingga ke Cubadak Lilin itu berhasil menangkap sekitar 7 ekor babi yang sering merusak tanaman tebu masyarakat sekitar. “Syukurlah banyak babi yang tertangkap anjing pemburu. Sebab lah lesoh tabu kami dek kandiak tu,” kata Edi, salah seorang warga peburu di sana. Buru babi yang digelar di Kecamatan Matur itu langsung dihadiri Bupati Agam Indra Catri, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Burhasman Bur, Ketua Forbi Kabupaten Agam, Camat Matur Hilton serta seluruh kepala SKPD Agam. Dalam arahannya sebelum melepaskan tembakan ke udara sebagai pertanda dimulainya berburu babi, Bupati Agam menyarankan, agar alek buru babi tersebut dijadikan kalender mingguan di daerah tersebut. “Selain untuk olah raga dan membasmi babi sebagai musuh tananam masyarakat, juga diharapkan, para peburu babi bisa memberikan informasi tentang kondisi hutan yang dilintasi. Apakah masih asri atau sudah gundul. Jadi para pemburu babi tidak hanya sekedar melepas hobi, tetapi juga menjaga keasrian hutan,” katanya. Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Burhasman Bur, dalam sambutannya mengatakan, bahwa alek buru babi adalah alek tradisional masyarakat Minang. Maka alek buru babi harus dibudayakan. “Dan saya inginkan buru babi harus kita jadikan ikon wisata daerah Kabupaten Agam, karena perbukitan Agam sungguh banyak dan luar biasa,” katanya. (h/jon)

BUKITTINGGI, HALUAN — Pelaku pasar yang juga pedagang Pasar Atas Bukittinggi menilai, Pemko Bukittinggi saat ini tidak serius dalam membenahi Pasar Atas.

JON INDRA

LANTIK — Ketua Umum PBB Pusat MS Ka���ban, melantik Ardinal Hasan sebagai Ketua DPW PBB Sumbar serta seluruh pengurus dan Ketua DPC PBB kabupaten/kota Se Sumbar di Hotel Pusako Bukittinggi, Sabtu (17/12).

MS KA’BAN LANTIK ARDINAL HASAN JADI KETUA DPW PBB SUMBAR

Sumbar Basis Terbesar PBB di Indonesia

BUKITTINGGI, HALUAN — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) DPP Partai Bulan Bintang (PBB) MS Ka’ban, melantik dan mengukuhkan Ardinal Hasan, S. Ag, MM sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Sumbar, serta seluruh ketua dan pengurus DPC PBB Kabupaten/Kota se Sumbar, di hotel Pusako, Sabtu (17/12). Dalam arahannya, mantan Menteri Kehutanan itu menyatakan dengan tegas bahwa Sumatera Barat adalah basis terbesar PBB di Indonesia. Karena itu, PBB harus bangkit untuk meraih simpati.

Dikatakan, PBB lahir dari para ulama bangsa ini, untuk memperbaiki sistim perpolitikan dengan cara-cara yang diajarkan agama Islam atau Siyasatul Islam. “Jadi, kita di PBB tidak mempunyai target utama untuk menang Pemilu, tetapi bisa mewarnai Pemilu dengan sistim keIslaman seperti yang diajarkan Nabi Muhammad dalam bersiyasah,” katanya disambut tepuk tangan dan lantunan Allahu Akbar oleh seluruh kader dan pengurus PBB se Sumbar yang hadir dalam acara tersebut. Ketua DPW PBB Sumbar yang

baru saja dilantik, Ardinal Hasan, usai pelantikan kepada wartawan menjelaskan, untuk pemilu 2014 nanti, partai yang ia geluti sejak dilahirkan 1998 dulu itu tidak memiliki target kursi di DPRD. Tapi, mantan Wakil Bupati Agam periode 2009-2010 itu menyatakan bahwa Sumbar adalah basis utama PBB di Indonesia. “Kalau kita semua sudah tahu bahwa PBB memiliki basis terbesar di Sumbar, tentu pada pemilu 2014 nanti kita akan buktikan bahwa kita adalah yang terbaik,” tegasnya. (h/jon)

Jalan Tanah Taban Sulit Dilalui

KASRA SCORPI

MOBIL pengangkut barang terjebak pada jalan yang baru dibangun untuk menggantikan jalan lama yang runtuh di Tanah Taban, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan.

AGAM, HALUAN — Satu setengah bulan pasca longsor, ruas jalan baru yang dibangun Dinas

PU pengganti jalan yang longsor di Tanah Taban, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, masih

PERINGATI HARI JUANG KARTIKA KE-66

sulit dilewati kendaraan roda empat. Masalahnya, badan jalan baru itu masih beralaskan tanah, lunak dan becek. Sehingga banyak kendaraan tujuan Bukittinggi yang takut melewatinya dan meilih untuk memutar lewat ke Simpang Patai Palupuah atau ke Lubuk Basung. Sabtu(17/12) lalu, beberapa buah mobil pengangkut barang yang mencoba lewat di jalan itu terjebak. Tak ayal, mobil-mobil tersebut harus membongkar muatan terlebih dahulu untuk dapat lolos dari jebakan lumpur. “Seharusnya Dinas PU yang melakukan perbaikan mengeraskan badan jalan dengan grogol agar kendaraan mudah melewatinya. Kalau begini, mobil hanya bisa lewat bila hari panas. Kalau hujan akan sangat berbahaya,” kata Iwen, salah seorang sopir mobil tersebut. Untuk melewatkan kendaraan pada lokasi longsor, pihak Dinas

PU Agam membangun jalan baru sepanjang lebih kurang 20 meter di samping badan jalan yang longsor. Pengerjaannya telah memakan waktu satu setengah bulan tetapi sampai sekarang belum selesai juga. Kondisinya baru berupa badan jalan. Pengerasan dengan kerikil atau grogol belum dilakukan. Bahkan dam yang baru dibangun untuk memperkuat pinggir jalan sudah ambrol lagi. Bupati Agam Indra Catri yang berkunjung ke lokasi tiga hari pasca longsor menjanjikan bahwa pengerjaan jalan itu akan selesai selama seminggu. Tapi janji itu ternyata tidak bisa ditepati. Kemudian tiga minggu pasca longsor Indra Catri datang lagi ke lokasi. Namun, pekerjaan masih belum tuntas. Saat itu, Dinas PU Agam minta tambahan waktu lima hari lagi untuk menyelesaikannya. Nyatanya, sampai sekarang pekerjaan tersebut masih belum tuntas juga. Sementara itu, enam orang wali nagari yang ada di Kecamatan Palembayan menyatakan kecewa dengan keterlambatan penanganan pekerjaan. “Apapun alasannya, tidak dapat diterima masyarakat karena terlalu lama. Padahal pembangunan jalan baru panjangnya cuma sekitar 20 meter dan menggunakan alat berat. Kalau dikerjakan dengan sungguhDOKTER spesialis sungguh, pasti tidak akan bibir sumbing

nusiaan ini harus terus dikembangkan. Disamping sebagai upaya peduli terhadap kehidupan sesama, kegiatan ini juga merupakan bagian dari implementasi TNI untuk selalu membantu dan meringankan beban masyarakat dari kesulitan ekonomi dalam membiayai operasi yang cenderung masih mahal. “Tentu dengan operasi bibir sumbing ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam dalam mewujudkan jaminan kesehatan bagi masyarakat di Bukittinggi-Agam ini, dan merangsang masyarakat mampu lainnya untuk peduli terhadap sesama,” kata Igit. Dikatakan, operasi bibir sumbing gratis itu terselenggara berkat kerjasama Korem 032/Wirabraja dengan Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan langit-langit serta

JON INDRA

Korem 032 Operasi 60 Orang Penderita Bibir Sumbing BUKITTINGGI, HALUAN — Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-66, Komando Resor Militer 032/Wirabraja, menggelar bhakti sosial kesehatan, operasi bibir sumbing. Dalam bhakti sosial yang digelar, Sabtu dan Minggu (17-18/12) kemarin, sebanyak 60 orang masyarakat Bukittinggi-Agam kurang mampu penderita bibir sumbing dioperasi. Bhakti sosial operasi bibir sumbing tersebut digelar di Rumah Sakit (Rumkit) IV TNI Bukittinggi yang dihadiri Kasiter Korem 032 Letkol Inf. Igit Joko L, dan rombongan, serta Wakil Walikota Bukittinggi, Harmazaldi beserta istri dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, drg. Syofia. Dalam arahannya, Kasiter Korem 032 Letkol Inf. Igit Joko L menyampaikan, bahwa gerakan sosial kema-

Padahal kondisi bangunan pasar banyak yang retak akibat bencana gempa tahun 2009 lalu. Selain itu, kawasan pasar juga telah padat dengan lokasi parkir dan pedagang kreatif lapangan (PKL). “Coba lihat kondisi pasar dan keadaan pedagang di Pasar Atas sekarang, tidak lagi seperti dulu. Karena tidak sedikit pedagang yang seharian penuh tidak memperoleh pembeli. Hal ini tentu juga disebabkan tidak adanya penataan dan pembenahan oleh pemko. Sementara parkir bertebaran dimana-mana dan lapak PKL juga berjejeran di sekeliling Pasar Atas, tepatnya di kawasan Jam Gadang,” kata salah seorang pedagang pasar Atas, Idris Sanur, kepada Haluan, Minggu (18/12). Menurut Idris Sanur, pemko tidak usah banyak wacana karena akan membuat resah pedagang. Seperti beberapa bulan lalu, ada wacana untuk membangun kembali Pasar Atas. Bahkan tokoh-tokoh pedagang telah diundang untuk kordinasi. “Tapi semua itu akan sia-sia, kalau hanya wacana,” katanya. Dikatakan, pedagang tidak akan keberatan, jika Pasar Atas kembali dibangun. Tapi pemko harus transparan kepada pedagang, mulai dari tahapan ren-

sedang melakukan operasi di Rumkit IV TNI Bukittinggi dalam acara operasi bibir sumbing gratis yang dilakukan Korem 032 Wirabraja, Sabtu dan Minggu (17-18/ 12).

instansi lainnya. Wawako Bukittinggi, Harmazaldi dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan bhakti sosial Korem 032 yang dipusatkan di Bukittinggi.

”Kepercayaan terhadap Rumkit IV TNI Bukittinggi sebagai tempat penyelenggara operasi bibir sumbing ini berarti kepercayaan terhadap Pemko Bukittinggi,” katanya. (h/jon)

nggak sempat baca

klik kami di www.harianhaluan.com

Lansek Manih FM (LANIS FM) Frequensi (FM) 93,6 MHz (FM) Power Suport 1000 Watt ( Blues 30 NV) Alamat Studio/Office : Jl.Sudirman No.191 Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. Telp. ( 0754) 20173-20553 Fax. 0754.20158 Email : lansekmanihfm@yahoo.co.id LANSEK MANIH FM “ Penyampai Informasi Pembangunan dan Penyejuk Hati Anak Nagari”

IDRIS SANUR

cana sampai peruntukan kembali terhadap pedagang. “Nanti jangan terjadi seperti kasus Pasar Banto. Awalnya dikatakan tujuh lantai, tapi yang dibangun hanya empat lantai. Dan ukurannya juga sangat sempit. Harganyapun selangit. Sehingga sampai sekarang Pasar Banto masih kosong dari pedagang dan sepi pengunjung,” katanya. Ia juga meminta agar pemko segera membenahi kondisi yang ada di Pasar Atas sekarang, yang sudah banyak dikerumuni parkir dan PKL. ”Bukan tidak boleh ada parkir dan PKL, tetapi harus ditata dengan baik, agar Jam Gadang dan Pasar Atas sebagai ikon wisata Bukittinggi tidak buruk dimata pengunjung dan tidak merugikan pedagang,” katanya. (h/jon)

memerlukan waktu berbulanbulan. Kami melihat pengerjaannya sering berhenti dengan alasan alat rusak dan hari hujan. Untuk mengerjakan proyek bencana alasan itu tidak dapat diterima,” kata Wali Nagari Ampek Koto Palembayan, Rony Akmal. Namun, para pekerja Dinas PU yang ada di lapangan mengatakan, molornya pengerjaan jalan itu karena cuaca yang tidak mendukung, atau sering hujan. Akibatnya, alat berat yang digunakan tidak dapat berfungsi maksimal. Untuk memudahkan mobil lewat, Dinas PU telah memesan grogol guna mengeraskan badan jalan. Tapi sampai Sabtu(17/12) sore , batu grogol belum sampai juga di lokasi. Pengawas Dinas PU yang ada di lokasi tersebut mengungkapkan bahwa pengusaha yang akan mendatangkan grogol mengalami kesulitan membeli batu grogol di di tempat terdekat yakni di Panta, Kecamatan Ampek Koto. Camat Palembayan, Aryati, mengatakan, pengerjaan jalan tersebut perlu dipacu karena sudah terlalu lama masyarakat menempuh jalan yang jauh ke Bukittinggi. Hal itu menimbulkan penambahan ongkos yang menyebabkan harga jual barang hasil tani anjlok. Sementara harga barang-barang kebutuhan masyarakat yang didatangkan dari luar daerah justru jadi melejit. (h/ks)


PAYAKUMBUH DAN LIMAPULUH KOTA 23

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

MUTU DIRAGUKAN

Jalan Rabat Beton Dikhawatirkan Cepat Rusak PAYAKUMBUH, HALUAN — Proyek jalan rabat beton di kawasan Bukik Patah Sembilan, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, diduga tidak akan bertahan lama atau cepat rusak.

ZULKIFLI

JALAN RABAT BETON — Sejumlah pekerja tengah menyelesaikan pekerjaan pembangunan jalan rabat beton di kawasan Bukik Patah Sambilan, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Pasalnya, material yang dipergunakan untuk cor rabat beton tersebut diduga memakai kerekel kuning yang kualitasnya tidak memenuhi kriteria mutu beton. Ironisnya, kerekel itu banyak bercampur dengan batu apung dan mengandung tanah. Fatalnya lagi, pasir yang digunakan untuk adukan cor, terkesan memakai pasir bungin yang sifatnya tidak padat. Disamping itu, ketebalan cor beton juga dipertanyakan. Sehingga mutu proyek jalan rabat beton tersebut diragukan, dan dikhawatirkan akan cepat rusak.

Pantauan Haluan ke lokasi proyek, Sabtu (18/12), material di yang terdapat di pinggir jalan pada lokasi tersebut, terlihat hanya kerekel kuning bercampur tanah. Kemungkinan material tersebut yang dicampur dengan semen dan pasir bungin. Sedangkan adukannya juga hanya dikira-kira atau tidak memakai takaran kontrol. Informasi yang diperoleh, proyek jalan rabat beton sepanjang 3 km milik Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Cipta Karya SNVT pengembangan kawasan pemukiman pedesaan Sumatera

SMAN Satu Gelar Hari Kreatif dan Talenta

PAYAKUMBUH, HALUAN — SMAN I Payakumbuh, menggelar Hari Kreatif dan Talenta, di lingkungan sekolah tersebut. Kegiatan itu diharapkan dapat menciptakan kreasi baru, dalam rangka menggiatkan dan memacu perkembangan kreativitas dan semangat keterlibatan siswa dalam dinamika pembangunan. Utamanya di bidang seni dan budaya, olah raga dan kreativitas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

“Kita sangat mendukung kegiatan siswa tersebut. Sebab hari kreasi dan talenta siswa merupakan suatu wadah untuk menyalurkan minat dan bakat siswa yang dikemas dalam bentuk pawai, pagelaran, pentas seni serta pameran,” ungkap Kepala SMAN I Payakumbuh, Drs. Resnulias di kantornya, Sabtu (18/12). Menurutnya, yang didampingi Ketua Pelaksana, Sukardi, seluruh siswa diharapkan ikut

serta untuk menyalurkan kreasi dan aspirasinya pada peringatan “Hari Kreativitas dan Talenta SMAN I" dimaksud, Setelah kegiatan tersebut terlaksana, anak didik diharapkan kembali bergairah untuk belajar. Ajang tersebut sekaligus bertujuan untuk mempersiapkan siswa SMAN 1 Payakumbuh mengikuti FL2SN 2012. Peserta kegiatan itu diperkirakan berjumlah 926 orang. Terdiri dari kalangan siswa

SMAN 1 Payakumbuh, sebanyak 816 orang, guru 100 orang dan karyawan Tata Usaha sebanyak 10 orang. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, Kamis, Jumat, Sabtu (29/12 hingga (31/12) di SMA N 1 Payakumbuh. Tema yang diusung, “Melalui Kegiatan Hari Kreatifitas dan Talenta SMAN I, Kita Wujudkan Siswa Cerdas, Intelektual yang Bermartabat.” Kegiatan itu, direncanakan

akan dibuka oleh Walikota Payakumbuh, H.Josrizal Zain, Kamis (29/12). Acara tersebut diperkirakan juga akan dihadiri Wawako Syamsul Bahri, Sekdako H. Irwandi, Kepala Dinas Pendidikan Edvianus, sejumlah pejabat di jajaran Pemko Payakumbuh, serta orang tua siswa. Kegiatan juga akan dimeriahkan dengan nyanyi Minang yang akan diiringi band SMA tersebut. (h/zkf)

Barat yang dikerjakan CV. Genta Ridian senilai Rp2 miliar lebih itu, terpampang di papan plank merek akan berakhir pekerjaannya tanggal 25 Desember 2011. Sementara itu, waktu yang tersisa untuk pelaksanaan pekerjaan proyek hanya kurang dari 7 hari. Fakta di lapangan, jalan yang belum di cor diperkirakan sepanjang 700 meter lagi, termasuk pemasangan batu dam penahan jalan dan drainase di kiri dan kanan jalan yang belum rampung dikerjakan. Pelaksana lapangan dari CV Genta Ridian yang mengaku bernama IS, saat ditanya Haluan mengatakan, keterlambatan pekerjaan akibat cuaca kurang mendukung. Ketika ditanya lebih dalam masalah material dan keterlambatan pekerjaan, ia terkesan sedikit gugup. Akhirnya dia mengakui hanya sebagai pegawai dari perusahaan tersebut, tidak tahu kebijakan masalah proyek. Namun perekerjaan yang tertinggal diakuinya akan selesai tepat waktu. ”Kita optimis perkerjaan yang tersisa akan selesai sesuai jadwal,” ungkapnya optimis. Sementara itu Kepala PU Payakumbuh, Muswendri Evites yang dikonfirmasi wartawan dari lokasi proyek melalui telepon genggamnya, untuk menanyakan material kerekel kuning bercampur tanah, apakah layak digunakan untuk cor jalan rabat beton, mengaku

LIMAPULUH KOTA

LINGKAR

Limapuluh Kota Bangun Pabrik Kulit

Atlet Diminta Tingkatkan Prestasi LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Pekan Olah Raga Provinsi Sumbar (Porprov) ke-12 akan berlangsung di Kabupaten Limapuluh Kota, tahun depan. Karena itu, Wakil Bupati Limapuluh Kota Asyirwan Yunus berharap kepada para atlet daerah ini agar mampu meningkatkan prestasi. Selain itu, pelaksanaan Porprov juga diharapkan dapat berjalan dengan baik dan sukses. Wabup Asyirwan Yunus menyampaikan hal tersebut saat melangsungkan pertemuan dengan pengurus KONI yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Budaya dan Olahraga Zulhikmi, S. Pd, pengurus KONI Ir. Davis, MH dan Pengurus Cabang Olahraga se Kabupaten Limapuluh Kota, di Aula Kantor Bupati Kawasan Bukik Limau Sarilamak. “Para atlet harus berlatih keras dan bersatu jika ingin mencapai prestasi yang lebih tinggi. Semua pihak juga harus terus mendorong serta mendukung kegiatan para atlet dari berbagai cabang olahraga yang akan diikuti dalam Porprov mendatang. Untuk itu atlet perlu berlatih lebih baik dan belajar dari pengalaman yang lalu,” ulasnya. Menurut dia, semangat kebersamaan telah membuat Kabupaten Lima puluh Kota berjaya di ajang pertandingan dan Porprov dimasa lalu. Melalui semangat kebersamaan dan didukung oleh kesiapan yang baik, para atlet diharapkan dapat mengikuti cabang yang punya peluang memperoleh mendali pada Porprov mendatang. ”Kita yakin Limapuluh Kota bisa mencapai prestasi yang lebih baik lagi,“ harap Wabup. Selain itu, keberhasilan para atlet sangat ditentukan oleh pengurus cabang olahraga yang diikuti. Karena itu, untuk pengurus cabang olahraga (cabor), jangan sampai terjadi satu orang pengurus mengurus dua cabang olahraga. Mendatangkan atlet yang sudah jadi dari daerah lain lalu dibayar, sebaiknya juga dihindari, ujarnya Dikatakan, Kabupaten Limapuluh Kota sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov ke-12 tahun 2012 mendatang, meski awalnya banyak pihak meragukan, tapi secara bertahap semua kendala ternyata sudah mampu ditanggulangi. Berbagai kritik itu harus harus disyukuri sebagai bahan untuk memperbaiki diri. (h/zkf)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Guna menampung kulit ternak yang dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Payakumbuh, sekaligus membuka peluang kerja, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota berencana untuk membangun pabrik kulit, yang berlokasi di Kelurahan Koto Panjang Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur.

ZULKIFLI

BIMTEK-Bupati Limapuluh Kota, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, DonAdonis, menyematkan tanda peserta dalam acara Bimtek di aula Hotel Mangkuto, Kamis (15/12).

Program Mandiri Pangan Ditingkatkan

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Program mandiri pangan di Kabupaten Limapuluh Kota, semakin ditingkatkan. Menyusul Kantor Ketahahan Pangan setempat, memperoleh bantuan program peningkatan disertifikasi dan ketahanan pangan masyarakat. Bantuan itu berasal dari dana Tugas Perbantuan (TP) tahun 2012 mendatang sebesar Rp397 juta. Dana sebesar itu,

belum melihat proses pekerjaan pengecoran ke lokasi. “Hari Senin (20/12) baru akan turun ke lokasi," ujarnya. Namun ia menyarankan untuk menanyakan hal itu ke pengawas proyek. Herannya, ketika wartawan melakukan pemantauan ke lapangan, tidak ditemukan adanya pengawas yang melaksanakan tugas pengawasan di lokasi proyek. Hanya terlihat sejumlah pekerja yang sedang sibuk melaksanakan pengecoran dan sebagian melaksanakan pemasangan batu drainase. Disorot Anggota Dewan Salah seorang anggota DPRD Payakumbuh, Nasril Suri, yang berasal dari daerah pemilihan atau dapil Kecamatan Payakumbuh Timur, mengaku kecewa melihat pekerjaan jalan rabat beton yang berlokasi di kaki kawasan Bukik Patah Sembilan itu. “Saya meragukan mutu proyek. Alasannya material pengecoran yang digunakan sepenuhnya memakai batu kerekel kuning bercampur tanah. Meski saya bukan orang teknis,” ulasnya. Hal senada juga diungkapkan Aktivis Peduli Nagari Luak Limopuluah, Yudilfan Habib, ketika diminta tanggapannya di Payakumbuh, Sabtu (18/12). “Pekerjaan yang seperti itu diduga kuat kurang pengawasan, sehingga poyek tersebut berkemungkinan besar dikerjakan asal jadi saja sehingga mutunya juga diragukan," ujarnya. (h/zkf)

akan disalurkan untuk program mandiri pangan pada dua nagari, masing-masing Rp100 juta. Selain itu, untuk penanggulangan daerah rawan pangan berupa bantuan pangan dan non pangan akibat bencana alam yang menimpa masyarakat sebesar Rp37 juta. Kepala Kantor Ketahanan Pangan Limapuluh Kota, Gusdian Laora dalam percakapan dengan Haluan di kantornya,

Jumat (17/12) menuturkan, sisa dana sebesar Rp160 juta lagi, digunakan untuk percepatan penganekaragaman konsumsi pangan yang akan dikelola oleh 10 kelompok wanita tani. Masing-masing kelompok menerima Rp16 juta. Menurut dia, melalui dana TP itu, diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan melalui pemberdayaan masyarakat serta ketersediaan distribusi

dan keamanan pangan segar di tingkat masyarakat nagari. Sehingga mereka mampu menyediakan pangan berimbang. Dikatakannya, walau belum terjadi rawan pangan di daerah ini, namun ke depan koordinasi dalam kebijakan pangan di Kabupaten Limapuluh Kota, termasuk regulasi, diharapkan semakin membaik. Kepala Bappeda Limapuluh Kota, Novian Burano menyebut,

kebijakan pangan secara luas, diutamakan membangun irigasi teknis, meningkatkan program PNPM mandiri serta program Pamsimas. Selain itu, Pemkab Limapuluh Kota juga akan membuat tata ruang lahan abadi yang dilengkapi dengan saluran irigasi, diawali di Sungai Rimbang Kecamatan Suliki, Taram Kecamatan Harau dan Muara Paiti Kecamatan Kapur IX. (h/zkf)

“Pembangunan pabrik kulit masih menjanjikan, karena peluang pasar kulit saat ini masih terbuka lebar. Selain itu, keberadaannya mampu membuka peluang atau kesempatan kerja, bagi masyarakat Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh. Otomatis bakal mengurangi angka pengganguran di daerah ini,” ungkap Kepala Bappeda Limapuluh Kota, Novian Burano kepada Haluan di kantornya, Jumat (17/12). Dikatakan, usaha itu mungkin belum masuk prioritas bagi Pemko Payakumbuh, sehingga Limapuluh Kota menyatakan minatnya. Program itu dilaksanakan setelah RPH tersebut beroperasi maksimal. Untuk merealisasikannya, tentu dilakukan terlebih dahulu MoU dengan Pemko Payakumbuh. Pada bagian lain diingatkannya, masyarakat peternak Limapuluh Kota, diharapkan ikut serta sebagai pemasok ternak potong ke RPH. Hal itu merupakan peluang usaha bagi para petani peternak daerah ini. Peluang itu perlu dimanfaatkan supaya peternak semakin bergairah membudidayakan ternak sapi potong. Kabupaten Limapuluh Kota, punya potensi lahan penggembalaan ternak yang cukup luas. Populasi ternak hampir mencapai 70 ribu ekor, yang tersebar di 13 kecamatan. Diharapkan peternak Limapuluh Kota, meningkatkan lagi usahanya di sektor peternakan sapi potong. Jangan sampai mereka tertinggal dari peternak di Payakumbuh yang punya lahan terbatas. Disisi lain, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sudah mencanangkan program satu sapi satu petani, untuk mendukung swasembada daging tahun 2014. Kebijakan gubernur ini perlu disikapi dengan serius oleh semua pihak agar usaha ternak sapi potong di Limapuluh Kota bisa lebih berkembang. Selain itu, lanjut Novian Burano, seharusnya Balai Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak (BPTHMT) Padang Mangateh, Kecamatan Luak, ikut berpartisipasi lebih aktif lagi untuk membina para peternak sapi potong, khususnya di Limapuluh Kota. “Suatu saat nanti, Limapuluh kota akan mampu menjadi pemasok sapi potong utama untuk RPH,“ ulasnya. (h/zkf)


24 SUMATERA BARAT

SENIN, 19 DESEMBER 2011 M 23 MUHARAM 1433 H

PERNYATAAN KERAS LPPNU SUMBAR

Revisi UU Kesehatan Batalkan RPP Tembakau

Efendi Amir Maju Lagi BATUSANGKAR, HALUAN — Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tanah Datar Efendi Amir, inginkan Tanah Datar dipimpin kader partai dan mampu bekerja sama dengan partai politik manapun, sehingga bisa membawa Tanah Datar kearah yang lebih baik. “Sungguh ini cita– cita yang ingin saya wujudkan,” ucap Efendi Amir, Sabtu (17/12) di Batusangkar. “Mudah–mudahan dengan seizin Allah SWT dan dukungan kader serta rekan rekan, saya nyatakan diri untuk ikut berdemokrasi bersama calon lain dalam pemilihan Ketua Partai Demokrat Tanah Datar periode 2011–2016,” ucap Efendi. Pencalonan dirinya tidak lepas dari dukungan rekan– rekan separtai dan kecintaannya kepada partai, yang selama ini ia akui telah memberikan pelajaran berharga baginya dalam berpolitik. Tantangan terbesar baginya adalah membesarkan partai untuk masa yang akan datang. Ia merasa, masih banyak pekerjaan yang di harus selesaikan sehingga perjuangan dalam pengabdiannya bersama Demokrat harus benar–benar bisa diwujudkan. “Tidak ada intervensi. Tidak ada intimidasi dalam perebutan kursi ketua. Ini betul–betul demokrasi yang seharusnya diciptakan, baik di internal maupun eksternal partai. Jadi siapapun kader yang ikut, tetap akan saya izinkan,” ujarnya. (h/doy)

PADANG, HALUAN — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diminta segera membatalkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Tembakau yang secara sistematis telah mengarahkan negara untuk berhutang ke luar negeri. Presiden juga diminta segera mengingatkan Menteri Kesehatan yang dinilai telah mengabaikan kepentingan nasional. Permintaan tersebut disampaikan Ketua PWNU Sumbar H Khusnun Aziz dan Wakil Ketua PWNU Sumbar Darmansyah, yang membidangi Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Sumbar, di kantor PWNU Sumbar, Jalan Ciliwung 10 Padang, Sabtu (17/12). Ditegaskan Khusnun Aziz dan Darmansyah yang didampingi Wakil Ketua PWNU Sumbar Dasril dan Wakil Bendahara Aizizak Aziz, petani tembakau merupakan kelompok sosial ekonomi yang penting bagi kemandirian negara. Karena itu, petani tembakau wajib diselamatkan keberadaannya. Saat ini PWNU Sumbar menilai ada upaya tertentu untuk menghancurkan kehidupan petani tembakau. Menurut Darmansyah, UU No. 39 tahun 2009 tentang Kesehatan dan RPP Tembakau yang berkedok melindungi kesehatan masyarakat, pada hakikatnya adalah upaya menghabisi petani tembakau. Padahal para petani tembakau telah berkontribusi terhadap APBN, menciptakan lapangan kerja, dan ketahanan ekonomi keluarga. “Karena itu, LPPNU Sumatera Barat menyatakan agar UU Kesehatan tersebut harus direvisi, dan RPP tembakau harus dibatalkan karena

mengancam dan menghancurkan APBN,” kata Darmansyah. “Kepada masyarakat petani Indonesia, mari kita gelorakan solidaritas untuk petani tembakau demi menyelamatkan pertanian Indonesia. Mari kita beri kekuatan kepada Presiden SBY agar menegur keras Menteri Kesehatan guna bekerja untuk rakyat Indonesia. Mari kita dorong SBY agar mengembalikan fungsi Kementerian Pertanian untuk mensejahterakan petani Indonesia,” ajak Darmansyah. Darmansyah mengakui, petani tembakau di Sumbar memang tidak banyak, yakni di Agam, Limapuluh Kota, Tanahdatar dan Solok. Namun, ribuan petani tembakau di pulau Jawa terancam kehidupannya dengan pembatasan produksi tembakau. Kalau memang masalah rokok yang dapat mengganggu kesehatan, kenapa tidak pabrik rokok saja yang ditutup?” tanya Darmansyah. Menurutnya, masalah ini bukan hanya persoalan produksi tembakau dari petani. Namun persoalan ini menyangkut kepentingan kapitalis yang jauh lebih besar dan dahsyat. Pihaknya tak ingin kasus cengkeh yang terbukti telah ”membunuh” petani pada masa lalu bakal terulang lagi pada petani tembakau. “Jangan menyelesaikan satu masalah, dengan menimbulkan masalah baru yang ternyata bisa memperparah keadaan,” ujar Darmansyah mengkhiri. (h/srz)

JELANG NATAL DAN TAHUN BARU

Tim Gabungan Razia Tempat Hiburan Malam

SIJUNJUNG, HALUAN — Tempat hiburan malam di Simpang Koto Tuo, Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, dirazia tim gabungan dipimpin Kasat Reskrim Polres Sijunjung, AKP Suyanto SE, Sabtu dinihari kemarin. 15 pengunjung dan kupu-kupu malam yang tidak punya kartu identitas diri dibawa ke Mapolres— untuk didata dan diminta membuat surat perjanjian tidak akan mengulangi perbuatan mereka. Penertiban dilakukan seiring dengan makin meningkatnya maksiat jelang natal dan tahun baru di tempat-tempat hiburan malam yang berkedok kafe dan warung remangremang di pinggir jalan lintas Sumatera yang membentang mulai dari Kiliran Jao, Kecamatan Kamang Baru, Guguk Naneh dan Sinyamu, Nagari Timbulun, Kecamatan Tanjung Gadang hingga Palangki, Kecamatan IV

Nagari, Kabupaten Sijunjung. Informasi tersebut disampaikan Kasat Reskrim Polres Sijunjung, AKP Suyanto SE, kemarin. Menurutnya, operasi pekat di tempat-tempat hiburan malam yang menjurus maksiat ini merupakan kegitan rutin jelang natal dan tahun baru. Tim gabungan juga menyertakan Satpol PP Kabupaten Sijunjung selaku mitra kerja. Kepala Satpol PP Kabupaten Sijunjung, Jon Kanedi mengungkapkan, kafe milik Busnedi (45) ini memang sempat dikeluarkan izinnya. Namun seiring dengan sejumlah pelanggaran yang dilakukan, izin itu sudah di cabut kembali oleh Pemkab Sijunjung. “Karena ada pelanggaran, izin kafe di cabut. Pencabutan dilakukan setelah diberikan surat teguran satu sampai tiga. Setelah izin dicabut, tempat hiburan malam ini ternyata tetap beroperasi,” jelas Jon Kanedi.

Selain kafe milik Busnedi, Satpol PP juga akan melakukan penertiban warung remang-remang yang beroperasi dikawasan Guguk Naneh dan Sinyamu, Nagari Timbulun, Kecamatan Tanjung Gadang. Operasi dilakukan menjelang natal dan tahun baru. Khusus Sinyamu, Satpol PP melibatkan tim sembilan yang terdiri dari unsur pemuka agama, pemuda dan masyarakat di nagari tersebut. Sedangkan untuk kawasan Kamang Baru, Satpol PP akan menidaklanjuti deklarasi Ultah Pol PP di Pessel baru-baru ini. Dimana, di setiap kabupaten/kota di bentuk Forum Pemberantasan Maksiat yang melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), KNPI dan tokoh masyarakat. Forum Pemberantasan Maksiat efektif tahun depan dengan target penginapan/hotel, kafe dan warung remang-remang. (h/nop)


Haluan 19 Desember 2011