Issuu on Google+

Harian Umum

MEDIA GROUP

I klan Berlangganan Pengaduan

JUMAT

3 FEBRUARI 2012 M/10 RABIUL AWAL 1433 H Harga Eceran Rp2.500/eks, Harga Langganan Rp57.000/bulan

0751 0751 0751

4488700 9559333 4488702

TERBIT 24 HALAMAN NOMOR 262 TAHUN KE 63

Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

DEMO DI KANTOR BUPATI AGAM Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (QS Alam Nasyrah ayat 7-8) 05.10 WIB

12.35 WIB

15.57 WIB

18.40 WIB

19.51 WIB

Massa Mengamuk AKSI demo ribuan warga Pasukuan Tanjung Manggopoh di Kantor Bupati Agam berujung anarkis. Massa mengamuk dan memecah kaca kantor bupati. LUBUK BASUNG, HALUAN — Setelah dihantam badai kasus Maligi di Pasaman, kasus tewasnya dua kakak

REFLEKSI Bahagia Bersama Rasulullah Oleh: Zulkifli MA KEPRIBADIAN Rasulullah adalah teladan bagi seluruh umat manusia. Laqad kana lakum fiRasulillahi uswatun hasanah . Sungguh ada pada diri Rasulullah SAW suri teladan yang paling baik.

>> BAHAGIA, hal 11

KHAS

beradik di Sijunjung dan kasus pembakaran Mako Satlantas Polresta Sawahlunto, kali ini giliran Kabupaten Agam yang bergejolak, Kamis (2/2). Ribuan warga Pasukuan Tanjung Manggopoh mengamuk di Kantor Bupati Agam. Akibatnya, kaca bagian depan kantor tersebut pecah berkeping-keping. Sebagian besar pegawai di kantor ini lari tunggang-langgang menghindari amukan massa. Kapolres Agam AKBP Noortjahyo juga nyaris jadi bulanbulanan massa. Tak sampai di sana, massa yang tersulut emosi juga nyaris membakar Kantor

Bupati Agam. Beruntung polisi berhasil menenangkan massa, sehingga massa hanya membakar ban bekas di sekitar tiang bendera halaman Kantor Bupati Agam. Anehnya, meski suasana saat itu lagi ekstrem, pihak perusahaan dari PT Mutiara Agam malah mengerahkan massa tandingan yang dipusatkan di kawasan Kantor PT Mutiara Agam dan sempat menghadang mobil rombongan bupati dan perwakilan pengunjuk rasa yang berniat meninjau lahan lokasi sengketa.

>> MASSA, hal 11

Penambang Emas Tewas Tertimbun SIJUNJUNG, HALUAN — Kecelakaan tambang emas yang merenggut korban jiwa kembali terjadi di Kabupaten Sijunjung. Kali ini menimpa Rusli (28), asal Dayak, Siat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Ia tewas setelah kepala babi yang dikendalikannya di dasar Batang Kuantan tersangkut dan terjadi tanah longsor. Akibatnya, korban tertimbun hidup-hidup di dasar sungai tersebut, Kamis (2/2) sekitar pukul 11.00 WIB.

>> PENAMBANG, hal 11

Lokasi kejadian dipasang garis polisi dan jasad korban di Puskesmas Gambok (foto kiri).

Minat Kerja di Luar Negeri Minim Musim Gadang Durian Gunung Rajo KETIKA menyebut buah durian, akan teringat oleh kita durian Gunung Rajo Batipuah yang terkenal dengan cita rasa dan kegurihanya.

>> MUSIM, hal 11

man gkuto

PADANG, HALUAN — Keberhasilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar dalam menekan angka pencari kerja, tidak lagi dilihat dari banyaknya tenaga kerja yang mengikuti pelatihan, tetapi dilihat dari seberapa berapa banyak tenaga kerja yang dilatih itu mampu diserap pasar kerja. Sebenarnya peluang kerja itu cukup banyak, tak hanya dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Tetapi minat masyarakat untuk bekerja di luar

negeri itu amat minim. Tak mengherankan bila peluang kerja di Malaysia setiap tahunnya tidak dapat dipenuhi. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Syofyan,SH kepada Haluan Selasa (31/1), saat silaturahmi di ruang kerjanya menjelaskan, pelatihan keterampilan untuk tenaga kerja ini dilaksanakan secara gratis, tidak dipungut bayaran. Setiap tahunnya, Sumbar mendapatkan alokasi dari APBN maupun

dari APBD Sumbar sendiri. “Untuk memenuhi pasar kerja itu memang tidak mudah. Sebab tenaga kerja itu harus memiliki standar kompetensi yang dibutuhkan. Pekerjaan itu sering terkendala karena keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki Balai Latihan Kerja (BLK), teknologinya belum mengikuti perkembangan zaman,” kata Stofyan.

>> MINAT, hal 11

Walikota Amran Nur menerima penghargaan Asita Reward, atas komitmen dan keseriusan mengembangkan pariwisata. DOK HUMAS

Amran Nur Terima Asita Award SAWAHLUNTO, HALUAN — Komitmen dan keseriusan Walikota Sawahlunto, Amran Nur, dalam pengembangan pariwisata di ‘Kota Arang’ kembali mendapatkan apresiasi dari dunia pariwisata. Asosiasi Tour and Travel (Asita) Sumatera Barat, mendaulat Amran Nur sebagai tokoh yang berjasa dalam memajukan dan mamacu denyut pariwisata Sumatera Barat. Amran Nur tampil sebagai salah satu dari sembilan tokoh yang diganjari Asita Sumbar dengan penghargaan Asita Award, yang diserahkan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, di Hotel Pangeran Beach Padang, Kamis (2/2).

>> AMRAN, hal 11

Dua Petani Dituntut Dua Tahun......

>> 11

Atap Rumah Beterbangan....

>> 13

Banyak Kendaraan Nyaris Masuk Jurang......

>> 18


2 U TA M A KILAS Komisi VII DPR RI Segera ke Singkarak dan Maninjau JAKAR TA, HALUAN JAKART HALUAN—Anggota DPR-RI, HM Azwir Dainy Tara mengatakan, komisi VII segera turun ke lapangan meninjau PLTA Singkarak dan PLTA Maninjau menyikapi tuntutan masyarakat terkait munculnya berbagai dampak negatif terhadap ekosistem dan lingkungan di kedua lokasi. “Komisi VII akan ikut mencari solusi guna memperkecil dampak negatif itu terhadap kehidupan masyarakat disekitarnya sekaligus mengajak para tokoh adat untuk merumuskannya bersama sama. Kami akan turun Februari 2012 ini, “ kata Azwir Dainy Tara menjawab Haluan di ruang kerjanya Gedung Nusantara I Gatot Subroto Jakarta, Kamis kemarin terkait munculnya tuntutan masyarakat di sekitar Intake PLTA Malalo dan Danau Maninjau. Munculnya tuntutan masyarakat terhadap pemerintah baik langsung atau demo akibat dampak pembangunan itu, sebenarnya tidak perlu terjadi jika semua persoalannya terlebih dahulu didudukkan dengan pemuka masyarakat serta para tokoh adat di sekitarnya. Disamping itu, ujar politisi Partai Golkar yang sering mengunjungi konstituennya di Sumbar ini membuktikan bahwa pemerintah tidak dekat dengan masyarakat. “Sebagai aparat pemerintah seharusnya sering berdiskusi dengan masyarakat baik formal maupun non formal. Masyarakat Minang adalah masyarakat terbuka. Tabu bagi mereka jika hanya ibarat pepatah “ basungkuik jo nan laweh “. Mereka harus dibawa duduk baiyo batido. untuk menyelesaikan kusuik, mancari janiah,” kata Azwir Dainy Tara menambahkan. PLTA Singkarak dan PLTA Maninjau merupakan sumber fital untuk pembangkit listrik bagi masyarakat. Tanpa listrik juga akan berdampak buruk kepada ekonomi masyarakat. Justru itu, semua persoalan yang terjadi itu perlu segera dicarikan solusinya agar tidak menimbulkan konflit berkepanjangan, ujarnya lagi Terkait adanya tuntutan warga Malalo kepada Gubernur Sumbar seperti yang diberitakan harian Haluan sebelumnya, sebenarnya sudah lama mereka pendam. Bahkan sudah dilakukan pertemuan pertemuan antara pihak PLN dengan pemuka masyarakat. Akan tetapi karena tidak disikapi dengan cepat dan bijak, maka akhirnya mereka menyampaikan keluhan mereka ke Gubernur Sumbar. (h/one).

Tanda Tangan Direktur Dipalsukan PADANG, HALUAN- Kendati sudah ditetapkan sebagai konsultan perencana untuk melakukan perencanaan teknis pembangunan jalan lingkung di kawasan Istano Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, tahun 2008, CV Unggul Karya Mandiri malah menunjuk pekerja lepas untuk melaksanakan perencanaan tersebut. Selain menggunakan karyawan tidak tetap, terbukti salah satu pekerja tidak tetap tersebut memalsukan tandatangan Hosnel, Direktur PT Lansano selaku pemenang tender untuk memuluskan proses adminitrasi. “Saya mengajak Mardoni melakukan perencaan atas perintah dari Arwinsyah, Direktur CV Unggul Karya Mandiri. Arwinsyah datang menemui saya ke rumah saya di Lubuk Basung,” kata Anasmen, saksi yang dihadirkan dalam sidang lanjutan dugaan korupsi dana kegiatan pembangunan jalan lingkung di kawasan Istano Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, tahun 2008, dengan terdakwa Direktur PT Landsano Jaya Mandiri, Hosnel dan Direktur PT Matahari Terbit Group, Edwin Fhenes, di Pengadilan Tipikor Padang, Kamis (2/2). Anasmen mengaku sehari-hari bekerja sebagai konsultan lepas yang sering diperintahkan Direktur CV Unggul Karya Mandiri. Dia diperintahkan untuk membuat perencanaan teknis jalan lingkung Istano Pagaruyung tersebut. Untuk melaksanakan perencanaan teknis itu, dia diberi uang untuk biaya operasional oleh Arwinsyah sekitar Rp2-3 juta. Setelah perencanaan teknis itu selesai dilakukan, hasilnya dilaporkan kepada Riko Budi Ermansyah, karyawan lepas dari PT Matahari Terbit Group yang direkturnya adalah terdakwa Edwin Fhenes. Walau proses perencanaan sudah selesai dikerjakan, Anasmen mengaku belum mendapatkan bayaran atas pekerjaannya itu dari CV Unggu Karya Mandiri. “ Tanpa tahu sebabnya saya belum dibayar oleh CV Unggul Karya Mandiri,” akunya.Dia menyebut, sesuai perencanaan awal, jalan yang akan dikerjakan panjangnya sekitar 800 meter dan lebar 3 meter. Proses pengerjaannya dimulai akhir tahun 2008. “Pengerjaannya tidak bisa dimulai tepat waktu, karena kendala lahan,” katanya. Selain Anasmen rencananya JPU juga menghadirkan dua saksi lagi yakni Riko Budi Ermansyah, karyawan lepas di PT Matahari Terbit Group dan Firmansyah Rahim, Kuasa Pengguna Anggaran (KAP) untuk proyek jalan lingkung Istano Pagaruyung. Namun kedua saksi ini tak bisa dihadirkan. JPU memohon izin kepada majelis hakim Budi Susilo beserta anggota hakim ad-hoc Zaleka dan Perry Desmarera, agar berita acara pemeriksaan (BAP) kedua saksi bisa dibacakan dalam sidang. Hal ini sempat ditolak penasihat hukum (PH) terdakwa Hosnel. Karena kewenangan ada di tangan hakim, akhirnya hakim memberi izin kepada JPU untuk membacakan BAP kedua saksi Riko mengatakan, Hosnel telah memberi izin untuk meniru tandatangannya atas suruhan Edwin Fhenes. Ini sudah dilakukan lebih dari dua kali. Menanggapi keterangan itu, terdakwa Hosnel membantahnya. (h/dla)

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

KISRUH GERBANG HTT

Kedua Pihak Berkukuh pada Prinsipnya PADANG, HALUAN — Pertemuan antara pihak HTT dengan Walikota Padang Rabu (1/2) malam lalu, tidak membuahkan hasil. Pasalnya, kedua belah pihak sama-sama bersikeras pada prinsip mereka masingmasing. Menurut Albert Hendra Lukman, pengurus HTT, pertemuan dilakukan sehabis Magrib di rumah dinas Walikota Padang Jl Ahmad Yani. Ketua HTT Ferianto Gani lansung menjadi ketua rombongan. “Atas undangan Walikota Padang kami bersedia hadir, saya dan bapak Ferianto sangat berharap pertemuan tersebut dapat memberikan hasil yang positif bagi permasalahan ini. Namun, kami tidak menemui kata sepakat. Walikota bersikeras meminta kami untuk menurutkan tulisan yang terdapat pada pintu gerbang HTT,” ungkapnya kepada Haluan, Kamis (2/2). Munurut Albert Hendra Lukman, alasan tersebut terlalu mengada-ngada, jika memang memerlukan izin, seharusnnya walikota menurunkan dan membongkar seluruh gerbang yang ada di kota Padang. “Kenapa hanya keberadaan tulisan dan gerbang kami yang dipermasalahkan. Jika memerlukan persyaratan lainnya kami akan siap memenuhinya, asalkan jangan menurunkan tulisan tersebut. Kami sudah mencoba mengalah dengan menutup sementara tulisan yang disebut mengganggu tersebut. Namun, upaya kami ini sepertinya tidak mendapat perhatian serius dari Walikota,” kata Albert Hendra Lukman. Sebelumnya , tulisan Hok Tek Tong yang terdapat pada gerbang Himpunan Tjinta Teman (HTT) ditutup dengan menggunakan kain merah. Hal ini dilakukan karena pihak HTT tidak ingin terjadi kericuhan yang lebih besar di Kampung Pondok. Dalam kesempatan tersebut, Ferianto Gani selaku Ketua HTT meminta agar Walikota tidak bersikeras dan mencoba bersikap arif. Sebab, tulisan tersebut sudah lama ada dan menurutnya tidak mengganggu. “Kearifan pemimpin sangat diperlukan dalam permasalahan ini. masalahnya ini adalah masalah sensitif, dan menyangkut sebuah kehormatan,” kata Ferianto Gani. Jika Walikota tetap pada prinsipnya, menurut Ferianto, ia tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Ia tentu harus bermusyawarah dulu dengan organisasinya. “Sekiranya HTT sepakat tidak me nurunkan tulisan ini, maka kami siap untuk berhadapan dengan sikap walikota,” jelasnya. (h/yat)

BUKU BEKAS — Seorang pekerja menyusun buku bekas dagangannya di Kawasan Terminal Pasar Senen, Jakarta, Kamis (2/2). Buku bekas berupa majalah, buku pelajaran, novel, komik dan kamus tersebut sering dikunjungi siswa, mahasiswa bahkan dosen karena harganya dinilai pembeli relatif murah berkisar Rp2500 - Rp1,5 juta perbuku sesuai jenis bukunya. ANTARA

PTSP Gelar Lomba P3K PADANG, HALUAN—Melatih kesiapsiagaan karyawan terhadap musibah kebakaran, PT Semen Padang kembali menggelar Lomba Pemadam Kebakaran dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) antar Tim Petugas Kesiapan Tanggap Darurat (PKTD) di lingkungan grup perusahaan tersebut, Senin (30/1) dan Selasa (31/1). Lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bulan Mutu dan K3 Nasional 2012 PT Semen Padang. Ketua Pelaksana Bulan Mutu dan K3 Nasional 2012 PT Semen Padang, Nuralib di sela-sela acara mengatakan, tujuan utama lomba yaitu bagaimana membudayakan kesiapsiagaan. Ketua Seksi Lomba Pemadam Kebakaran, Busnar menambahkan, lomba diikuti 20 tim PKTD yang ada di PT Semen Padang. Jenis lomba yang diikuti adalah

pemadaman api menggunakan hydrant (air) yang diikuti oleh 18 tim dan pemadaman api menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) diikuti oleh 38 orang peserta. Keluar sebagai yang terbaik dalam pemadaman api menggunakan hydrant masingmasingnya adalah juara 1. Tim Perbekalan (total nilai 91). 2. Tim PDTL (84,78). 3. Tim Litbang & JK (84,72). Sedangkan yang terbaik pemadaman api menggunakan APAR adalah 1. Asep - PKTD Tambang (96,67). 2. Martinus - PKTD Tambang (92,02) 3. Masri - Yayasan Igasar SP (87,04) Sementara itu, Lomba P3K antar PKTD diikuti 21 tim, masing-masing tim terdiri dari 4 orang. Satu orang sebagai korban dan tiga orang memberi pertolongan. Tim penilai dari Rumah Sakit Semen Padang yang dipimpin dr. Miss Berlianti.

Kodam I Siapkan Mitigasi Bencana PADANG, HALUAN—Daerah Bukit Barisan secara geografis kawasan Bukit Barisan merupakan kawasan yang cukup potensial terhadap bencana alam, baik bencana longsor, gunung berapi serta bencana gempa dan tsunami. Karena tingginya potensi bencana tersebut, Komando Daerah Militer I Bukit Barisan menyiapkan langkah operasi militer dalam bentuk mitigasi bencana. Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan, saat ini tugas prajurit TNI tidak hanya dalam operasi militer menghadapi perang, namun dalam perkembangannya TNI juga mengemban tugas salah satunya upaya penanggulangan bencana pada wilayah empat provinsi mencakup Sumbar, Sumut, Riau dan Kepulauan Riau. “Saat ini TNI AD memiliki peralatan yang langsung dipakai untuk penanggulangan bencana. Peralatan dari Kesatuan Infantri seperti tenda dan kendaraan. TNI AD juga telah menyiapkan tim reaksi cepat dalam melakukan penanggulangan terhadap bencana,” kata Lodewijk di Makorem 032/ Wirabraja, Kamis (2/2). Selain itu, kata Pangdam, peralatan dari satuan seni dan bangunan memang tidak bisa digunakan pada saat terjadinya bencana, namun dengan adanya tim reaksi cepat TNI AD ini maka penanggulangan bencana dapat dilakukan sesegera mungkin. “Setiap Makorem memiliki peralatan tersebut sehingga lebih memudahkan koordinasi,” ujarnya. Terkait berapa lama waktu yang dibutuhkan TNI terhadap penanganan bencana oleh tim reaksi cepat tersebut, Pangdam mengakui tidak bisa memastikannya. Menurutnya, cepat atau tidaknya tim sampai ke lokasi

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Lodewijk Freidrich Paulus bersalaman dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. HUMAS PEMPROV bencana tergantung pada kondisi di lapangan termasuk akses masuk ke lokasi. Pangdam mencontohkan, penanggulangan bencana banjir bandang di Pessel beberapa waktu lalu sedikit terkendala. “Akses jalan yang putus menyebabkan anggota TNI sulit masuk ke lokasi bencana sehingga penanganan terhadap korban sedikit terlambat. Belajar dari pengalaman tersebut, ke depan setiap petugas di lapangan diharuskan memberikan laporan ke Makorem dalam waktu tiga hari untuk memonitor situasi bencana,” tegas Pangdam didampingi Danrem 032 Kolonel Inf M. Bambang Taufik serta beberapa pejabat militer Pangdam I Bukit Barisan. Ditambahkan Lodewijk, saat ini TNI AD memiliki 12 helikopter MI 17 yang mampu membawa orang sejunlah 36 orang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jadi, paparnya, dari pengalaman sebelumnya penangulangan

bencana serta pendistribusian logistik ke lokasi bencana memang paling efektif melalui jalur udara. Daerah Pesisir Barat Sumatera menjadi prioritas Kodam I Bukit Barisan dalam penanggulangan bencana mengingat tingginya potensi bencana di kawasan tersebut. Dalam penanggulangan bencana tersebut, TNI telah menyiapkan 10 Batalyon serta pasukan tingkat datasemen. “Dalam penanggulangan bencana, TNI AD telah mempersiapkan prajurit dari kesatuan Batalyon serta dibantu kesatuankesatuan lainnya,” lanjutnya. Pada kesempatan itu Pangdam Lodewijk mengungkapkan, kunjungannya ke Makorem 032 Wirabraja untuk memantau sejauhmana kesiapan operasional mereka. Sebab katanya, tugas Pangdam hanya menjamin kesiapan operasional operasional prajurit serta menjamin kesejahteraan anggota. (h/nas)

SUPERBRANDS—PT Semen Padang (PT SP) meraih sertifikat Superbrands 2012, yang merupakan penghargaan bergengsi bagi merek pilihan konsumen Indonesia, dan lambang jaminan kepercayaan konsumen. Penghargaan itu diserahkan CEO Superbrands Internasional Mr Eamann Sadler kepada Direktur Pemasaran PT Semen Padang Benny Wendry pada Malam Anugerah Superbrands 2012 di Hotel Grand Melia Jakarta, Kamis. (2/2). HUMAS Manajemen Semen Padang diwakili Ir. Ahmad Firdaus, Ka. Biro K3LH, mengatakan kecelakaan tidak bisa diprediksi, tetapi bisa

diantisipasi. Pemenang lomba P3K antar PKTD ini akan diumumkan pada upacara penutuan Bulan Mutu & K3 Nasional 2012 PTSP. (h/vid)

PT KAI Gugat BMP Basko Akan Gugat Balik PADANG, HALUAN — Pihak PT Basko Minang Plaza (BMP) akan melakukan gugatan balik (rekonvensi) dalam perkara perdata yang diajukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre Sumbar. “Silakan PT KAI menggugat. Itu baru tindakan orang yang mengerti hukum, menyelesaikan perkara melalui pengadilan, tidak main serobot dan main rusak begitu saja,” kata Komisaris Utama PT BMP H Basrizal Koto kepada Haluan, Kamis (2/2). Hal itu disampaikan Basrizal menanggapi gugatan perdata yang didaftarkan PT KAI ke Pengadilan Negeri (PN) Padang, kemarin. Dalam perkara bernomor 12/PDT.G/2012, PT KAI menilai PT BMP telah melakukan tindakan wan prestasi (cidera janji) dalam perjanjian sewa-menyewa, dengan tidak lagi membayarkan sewa kepada PT KAI atas tanah yang ditempati BMP. Pada pendaftaran gugatan kemarin tampak hadir dari PT KAI Divre II Sumbar yakni Humas PT KAI Divre II Sy Romeo, Asmen Hukum PT KAI Divre II Sumbar, Sardan. Dalam perkara ini KAI akan didampingi lima jaksa selaku pengacara negara. Menurut Basrizal, pihaknya sangat menghormati penyelesaian perkara melalui proses hukum. Untuk itu, dia sudah menyiapkan kuasa hukum untuk menghadapi gugatan itu. “Kami akan gugat balik,” katanya. Main Serobot Terkait klaim sewa-menyewa lahan yang kini ditempati PT BMP di Air Tawar, pada 1 November 2011 lalu, ratusan karyawan PT KAI Divre Sumbar memasuki areal Basko Hotel dan Mall. Tanpa dibekali putusan pengadilan dan tidak didampingi juru sita dan petugas keamanan resmi, karyawan PT KAI menyerobot dan melakukan pengrusakan secara bersama-sama lahan PT BMP. Mereka mengebor dan memancang plang besi di areal lahan yang nyata-nyata sudah punya sertifikat resmi itu. Tindakan main hakim sendiri itu disaksikan sejumlah petugas kepolisian, tanpa ada upaya untuk mencegahnya. Tindakan penyerobotan dan pengrusakan itu sudah dilaporkan manajemen PT BMP ke Polresta Padang. Tiga bulan lebih berlalu, perkara ini belum juga tuntas. Sejumlah saksi sudah diperiksa, tunjuk batas pun telah dilakukan. Namun, tersangkanya, tak juga kunjung ada. Sebagai pengusaha yang diundang membangun Sumatera Barat, dalam permasalahan ini, Basko mengaku sangat tidak nyaman berinvestasi di sini. “Tidak ada usaha saya yang ilegal, lahan hotel dan mall saya punya sertifikat, membayar kewajiban ke negara, kok diperlakukan semena-mena. Diserobot dan dirusak beramai-ramai. Kalau ada yang merasa berhak atas lahan yang kami tempati, mengapa tidak digugat ke pengadilan. Mengapa main serobot dan main rusak? Mengapa, ada apa ini?” ujar Basko. (h/dla/rk)


EKBIS 3

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

Ikappi Jemput Aspirasi Pedagang Pasar PADANG, HALUAN — DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumbar menjemput aspirasi pedagang Pasar Raya Padang dan Padang Panjang untuk pembenahan pasar dan perkuatan modal. Upaya ini juga menyikapi program Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koperasi tentang revitalisasi pasar dan perkuatan modal pedagang pasar. “Kami sengaja datang langsung ke Padang untuk mengajak Hipmi dan pedagang pasar sendiri untuk berjuang bersama membangkit sektor perdagangan di pasar raya ini. Sebab, Pasar Raya ini merupakan jantung perekonomian kota yang menjadi kunci sukses atau tidaknya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Ketua Umum DPP Ikappi, Abdullah Mansuri kepada wartawan usai mengadapan pertemuan dengan Hipmi Sumbar dan pengurus Kesatuan Pedagang Pasar (KPP) Padang, Rabu (2/2). Di samping menjajaki kerjasama dengan Hipmi dan asosiasi-asosiasi pedagang yang ada di Pasar Padang, Ikappi juga mengajak pihakpihak terkait di Pasar Raya Padang untuk proaktif ‘jemput bola’ meraih program pusat terhadap kemajuan pasar raya dan pedagangnya. Menurut Mansuri, dan sudah dia cek langsung di Kementerian Perdagangan, pada tahun ini ada dianggarkan di APBN untuk dana revitalisasi pasar sebesar Rp650 miliar. Kemudian di Kementerian Koperasi juga dianggarkan bantuan perkuatan modal untuk UKM-UKM dan pedagang kaki lima. Ketua BPD Hipmi Sumbar Buchari Bachter didampingi Ketua BPC Hipmi Padang Braditi Moulevey menyambut baik rencana DPP Ikappi tersebut. “Kita di Hipmi sebagian besar anggotanya juga banyak pedagang. Makanya, program Ikappi ini juga sejalan dengan program kami di Hipmi dan kawan-kawan di asosiasi pedagang pasar membangkitkan kembali pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Bucahri sata pertemuan yang juga dihadiri Ketua KPP Pasar Raya Padang, Asril Manan berserta jajaran. (h/vid)

Beli Top 1, Dapatkan Poin dan Hadiahnya PADANG, HALUAN — Untuk memanjakan pelanggannya, PT Jasa Barutama Perkasa, distributor utama Oli Top 1 wilayah Sumatera Barat dan Riau, menerapkan sistem poin di setiap pembelian produk Top 1. Poin yang dikumpulkan tersebut nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah menarik yang telah disediakan oleh perusahaan. Supervisor PT Jasa Barutama Perkasa, Temmy Indra kepada Haluan, Kamis (2/2) mengatakan, setiap pelanggan yang membeli produk Top 1 pastinya akan mendapatkan poin. “Besar kecilnya poin tergantung jenis produk yang dibeli oleh pelanggan tersebut,” kata Temmy. “Pelanggan yang membeli Oli dan spare part Top 1 akan mendapatkan poin dan penerapan sistem poin ini sama halnya

SETIAP pelanggan yang membeli produk Top 1 berhak mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik. dengan ungkapan terima kasih dari perusahaan atas kepercayaan pelanggan kepada Top 1 sebagai oli pelumas kendaraannya,” lanjutnya.

Temmy menjelaskan, poin yang telah terkumpul, akan berlaku untuk seumur hidup dan bisa di tukar di kantor distributor Oli Top 1 di mana saja. “Para

Pembeli Xenia Raih Hadiah Scoopy

SYARIFUDDIN

Sepatu Buatannya Selalu Dicari Sepasang sepatu buatan Syarifuddin, bisa didapatkan dengan harga Rp275 ribu hingga Rp350 ribu. Setiap hari, ia bisa menyelesaikan dua pasang sepatu atau sandal. “Lumayan lah, dengan segala keterbatasan saya saat ini,”kata pria kelahiran Medan, 31 Desember 1956 ini. Pekerjaan sebagai tukang sepatu sebetulnya telah dilakoni Syarifuddin sejak 30 tahun lalu di berbagai kota, seperti Medan, Jakarta dan Palembang. Namun seiring bertambahnya usia, ia memutuskan untuk pulang ke kampung istrinya, di Tanjung Jati, Kecamatan Guguk, Kabupaten 50 Kota. Dan tiga tahun belakangan, agar dekat dengan pusat keramaian kota, ia mulai menetap di Muaro Koto Nan Gadang, Payakumbuh Utara bersama istrinya Nelly, 52, dan dua buah hati mereka. Semua model sepatu, mulai dari sepatu Cibaduyut, bahkan buatan luar negeri Jepang, Taiwan, Amerika, hanya dengan melihat contohnya, bisa dikerjakannya dengan baik. Tak heran jika banyak pejabat di Payakumbuh dan Kabupaten 50 SYARIFUDDIN, 56, dengan pengalaman menjadi tukang Kota menjadi pelanggannya sepatu 30 tahun, bisa membuat berbagai model sepatu dan hingga saat ini. Selain itu, ia sandal dari kulit dengan kualitas yang bagus. juga memasarkan produksinya ke berbagai toko di Bukittinggi dan MENCARI sepatu atau sandal yang Payakumbuh dengan harga standar yang telah ditetapkannya. “Terserah modelnya sesuai dengan keinginan mereka nantinya mau menjual dengan serta harganya juga terjangkau harga berapa. Yang jelas saya kantong, terkadang gampang-gampang menjualnya Rp275 ribu hingga Rp350 susah. Namun, di Payakumbuh, ribu kepada mereka, karena bahan semuanya menjadi sangat mudah. sepatu atau sandal buatan saya dari Cukup datang ke gerai sepatu milik kulit asli,” lanjutnya. Syarifuddin, di Muaro Koto Nan Semua hasil produksinya, diberi Gadang Payakumbuh Utara, Anda garansi enam bulan. Jadi, jika ada bisa membuat berbagai model sepatu kerusakan lepas jahit atau kerusakan dari bahan dasar kulit, dengan harga lainnya, bisa langsung direpasi oleh yang sangat terjangkau. Tentu saja, Syarifuddin. kualitasnya juga bagus, dan pelayanan Untuk pengembangan usaha, purna jual juga tersedia.

pelanggan dapat menukarkan kaleng Oli Top 1 atau kuitansi pembelian dengan poin melalui bengkel resmi Top 1 yang ada di beberapa daerah di Sumatera

Barat dan Riau atau di kantor distributor oli top 1,” kata Temmy. “Untuk hadiah kepada pelanggan sendiri, kami menyediakan beragam hadiah yang sesuai dengan jumlah poin. Mulai dari peralatan bengkel hingga mobil,” katanya lagi Ditambahkannya, untuk saat ini pelanggan pengguna Oli Top 1 di Sumbar dan Riau sebagai pelumas kendaraannya lumayan tinggi. Sayangnya pelanggan yang menukarkan kwitansi dan kaleng Top 1 sangat sedikit sehingga sedikit para pelanggan yang terdata untuk mendapatkan poin. “Mungkin banyak pelanggan yang tidak tahu dengan sistem poin yang diterapkan oleh perusahaan karena dalam menukaran poin dengan hadiah masih belum banyak, padahal promosi sudah kami lakukan,” tambahTemmy. Temmy juga mengatakan strategi seperti ini dilakukan untuk mendekatkan Top 1 dengan para pelanggannya. “Di samping pelanggan mendapatkan kenyamanan dari keunggulan Top 1, mereka juga akan mendapat hadiah dari kami sebagai ungkapan terima kasih,” tutupnya. (h/ang)

Syarifuddin yang kini memiliki penghasilan sekitar Rp2 juta sebulan mengaku, ingin mendapatkan sejumlah dana untuk tambahan modalnya. “Maklumlah, bahan baku seperti kulit ini harganya lumayan mahal. Sedangkan kita harus punya stok yang cukup untuk bisa memenuhi permintaan pelanggan,” kata Syarifuddin yang juga sering menerima banyak siswa ataupun generasi muda untuk menimba ilmu membuat sepatu dan sandal di tokonya. Kerjasama dengan SKB Kehadiran Syarifuddin di Muaro Koto Nan Gadang Payakumbuh memang sempat dimanfaatkan Tavril Syamri, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Drs. Edvianus Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, yang meminta Syarifuddin menjadi instruktur bagi generasi muda Kota Payakumbuh yang berbakat membuka usaha sepatu. Tidak kurang 15 hari pada Desember 2011 lalu, 10 generasi muda mengikuti pelatihan usaha sepatu dan sandal ini di tempat Syarifuddin. “Setelah ditempa, dari 10 orang itu ada dua anak berbakat istimewa, Septa Maria dan Arif Turabby asal Koto Panjang Kecamatan Latina (Lamposi Tigo Nagari). Yang delapan orang anak utusan SKB lainnya, menurut Syarifuddin masih butuh waktu. Kalau mereka rajin praktek, pada waktunya akan bisa mandiri nanti. “Pak Syarifuddin memang gigih dan sangat tepat untuk kegaitan ini. Ia dengan telaten melatih serta menularkan ilmunya dalam membuat sepatu. Dan sejak dua tahun terakhir sudah menularkan ilmunya kepada anak – anak muda Kota Payakumbuh yang berbakat menjadi pengusaha sepatu,” kata Tavril Syamry Dt. Sutan Penghulu Kepala SKB Kota Batiah yang sudah dua kali berturut-turut mengadakan pelatihan ini. (h/snt)

PADANG, HALUAN — Lagilagi konsumen PT Capella Medan Cabang Padang sebagai dealer resmi Daihatsu ketiban rezeki “Daihatsu Tebar Hadiah Terbesar (Dahsyat)”. Srikanjusmarni, pembeli Daihatsu Xenia 2011 lalu mendapat hadiah ‘Dahsyat’ satu unit Honda Scoopy yang diserahkan Kepala Cabang Capella Medan, Padang, Ramlan Gazali di Gedung Capella, Jalan Hamka Tabing, DARI kiri ke kakan, Sales Supervisor Capella, Donny Putra, Kepala Bengkel Padang, Kamis (3/2). Salam Bangun, Eka dari Adira, Kepala Cabang Capella, Ramlan Gazali, Perempuan yang sehari-hari Srikanjusmarni didampingi suami Syahril dengan Honda Scoopy, Pimpinan sebagai PNS di Pengadilan Garda Oto, Toha dan Sales Supervisor Rafles usai penyerahan hadiah Dahsiat Negeri Kota Pariaman ini sama di Gedung Capella Medan, Padang, Kamis (2/2). DAVID sekali tak menduga bakal mendapat hadiah sepeda motor matic Honda unit Xenia. Scoopy tersebut. Sebab, memang sejak akan Kepala Cabang Capella Padang, Ramlan membeli mobil Xenia 2011 lalu tak pernah Gazali didampingi Sales Sipervisor, Dony terlintas dipikirannya untuk mendapatkan Putra dan Rafles mengatakan, pembeli Xenia hadiah. dapat Xenia itu adalah Azwal dari Pasaman. “Kami sama sekali tak tahu Setelah itu, ada lagi lima pembeli berturutsebelumnya, bahwa Daihatsu sedang turut mendapat hadiah masing-masing Rp5 menggelar promo Dahsyat ini. Dalam juta. Mereka adalah Fitrawati dari Tanah pikiran kami waktu itu, kami hanyalah Datar, Firdaus dari Sicincin, Idris dari Pakan ingin membeli mobil Xenia untuk keluarga. Rabaa Solok Selatan, Rusdi Herman dari Makanya, kami rasanya tak percaya sama Payakumbuh dan Yosif Svinola dari Kayu sekali ketika pihak Capella menelpon, Tanam. bahwa kami mendapat hadiah satu unit Setelah itu, ada lagi dua pembeli Scoopy ini,” kata Srikanjusmarni mendapatkan hadiah masing-masing 1 buah didampingi suaminya, Syahril kepada TV LED 42 inch yakni Muliardi dari Padang Haluan usai menerima hadiah tersebut. dan Dhilla Mayarisa. “Terakhir, ibu Menurutnya, dia bersama suami membeli Srikanjusmarni mendapatkan Scoopy dari Xenia bukan karena ada program Dahsyat, Pariaman ini. Kami bersyukur dan bahagia apalagi mereka sama sekali tak tahu ketika sekali, karena cukup banyak pelanggan membeli mobil itu ada program Dahsyat. Daihatsu Sumbar yang mendapatkan hadiah. “Kami membeli Xenia, karena memang Xenia Ini merupakan bukti yang Daihatsu berikan, ada di hati kami. bukan janji,” kata Alan, sapaan akrab Ramlan Memang banyak mobil idaman keluarga Gazali. yang sama dengan Xenia, tapi kami tahu Dahsiat merupakan program Promo kalau Xenia merupakan mobil idaman Daihatsu periode Juli-Oktober dengan keluarga yang paling ideal. Satu hadiah senilai Rp5 miliar. Hadiah tersebut keunggulannyanya dari mobil lain yaitu paling terdiri dari 90 unit Xenia Xi Dlx (Diundi irit BBM. Makanya, kami pilih Xenia,” 18 unit setiap bulan), 40 unit Terios TX katanya lagi. AT (diundi 8 unit tiap bulan), 440 unit Srikanjusmarni merupakan pembeli Honda Scoopy (Diundi 88 unit tiap bulan), Daihatsu yang ke-10 mendapatkan hadiah 500 TV LG LED 42" (Diundi 100 unit tiap promo Dahsyatnya Daihatsu. Sebelum Sri, bulan) serta 615 uang tunai masing-masing ada pembeli Daihatsu sebelumnya yang Rp5 juta (diundi 123 pemenang tiap bulan). mendapatkan hadiah lebih besar yakni satu (h/vid)


4 EKBIS

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

LINGKAR

PNM Ubah Komposisi Pendanaan JAKAR TA, HALUAN — Permodalan JAKART Nasional Madani (PNM) berniat mengubah komposisi pendanaan. Pada 2012 ini, PMN akan mengurangi porsi pendanaan dari perbankan. Rencananya, PNM akan mengubah komposisi pendanaan dari 60 persen dari bank dan 40 persen dari pasar obligasi dan reksadana. Sebelumnya, komposisi pendanaan PNM sebanyak 70 persen dari perbankan dan sisanya dari pasar. Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja menargetkan perolehan dana dari pasar sebesar Rp 1 triliun. Komposisinya Rp500 miliar dari obligasi dan sisanya dari reksadana. Menurut Parman, perubahan komposisi pendanaan ini untuk memperkenalkan PNM ke publik. Dia bilang, pengenalan ke publik ini sebagai bagian rencana PNM melantai di bursa pada dua hingga tiga tahun lagi. PNM menargetkan pembiayaan 2012 mencapai Rp 3 triliun. Untuk memenuhi kebutuhan modal tersebut, PNM akan mendapat kembali pendanaan dari bank sebesar Rp 1,7 triliun dan pengajuan tambahan modal dari pemerintah sekitar Rp 900 miliar. Penambahan modal ini dilakukan untuk rencana penambahan 25 kuster serta menambah 125 kantor cabang. (h/ktn)

BTN Pertimbangkan Ikut FLPP JAKARTA, HALUAN — Bank Tabungan Negara (BTN) masih mempertimbangkan untuk kembali ikut dalam program perumahan bersubsidi menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

BANK Tabungan Negara (BTN) masih mempertimbangkan untuk kembali ikut dalam program perumahan bersubsidi menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Tampak salah satu produk perumahan KPR di Indonesia. NET

Andre Rosiade, Bakal Tularkan Ilmu Bisnis di Unand PADANG, HALUAN — Generasi muda sekarang membutuhkan figur yang bisa menuntun mereka untuk mencapai cita-citanya. Termasuk bagi generasi muda kreatif yang ingin menjadi pengusaha masa depan. Semangat untuk menjadi pengusaha harus senantiasa ditularkan pada mereka, agar kelak mereka berhasil menjadi pengusaha sukses. Hal inilah yang akan ‘ditularkan’ pengusaha muda nasional yang juga putra daerah Sumbar, Andre Rosiade kepada

Himpunan Mahasiswa (HIMA) yang juga melibatkan siswa Jurusan Akuntansi SMA sederajat, Fakultas Ekonomi mahasiswa perguUniversitas Andalas, ruan tinggi, guru, pada tanggal 7 dosen dan masyaFebruari mendatang, rakat umum untuk di kampus Unand Liikut berpartisipasi mau Manis. dalam acara ini. Andre yang akan Secara umum, kegimenjadi salah seorang atan tersebut terdiri pembicara dalam ANDRE ROSIADE dari serangkaian kegiatan bertajuk acara Accounting “Accounting Week 2012” dengan Competition Siswa, Seminar tema Active 2012 “Accounting Akuntansi, Bazar, Akustik, total in various event” yang dige- Entrepreneur Expo, dan Debate lar HIMA Akuntansi Unand Competition.

Khusus Enterpreneur Expo, menurut Afdhal Syarif, Ketua Pelaksana Kegiatan Accounting Week 2012, acara ini bertujuan untuk membangkitkan jiwa bersaing generasi muda Indonesia berwirausaha dan sebagai ajang untuk memperkenalkan usaha mikro milik mahasiswa yang memiliki potensi sangat bagus untuk dikembangkan lebih jauh lagi. Tema yang akan diangkat pada acara ini adalah “Competitive Young Entrepreneur for Facing an ASEAN Single Market 2015”. Acara ini

dikelompokkan menjadi tiga sesi: Entrepeneur Workshop, Business Competition, Entrepreneur on Display. Dan pada acara ini pembicaranya adalah Fahira Idris, Harry Warganegara, dan Andre Rosiade. Pada acara ini juga akan diadakan workshop dengan para pengusaha yang sukses dalam mengembangkan usahanya. Acara yang akan digelar dari tanggal 4-9 Februari 2012 ini, digelar di Auditorium, PKM, dan Ruang seminar Gedung E Universitas Andalas. (h/atv)

Program tersebut terkait permintaan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) untuk menurunkan suku bunga FLPP di kisaran 5 - 6 persen. “Kita masih kaji lagi kalau tidak rugi kita ikut, tapi kalau merugikan tentu sulit (ikut FLPP),” kata Dirut BTN Iqbal Latanro di Jakarta, Rabu (1/2) malam. Menurut Iqbal, penurunan suku bunga ini tergantung pada kebijakan pemerintah dalam hal ini Kemenpera. Menurutnya, BTN juga tidak memiliki kewajiban untuk mengikuti program penyediaan rumah murah ini. “Dengan porsi pemerintah, bank tetap 60:40 bunga dari kita 7,75 persen. Kalau porsinya berubah menjadi 50:50 tentu akan lebih besar (bunganya),” katanya. Penetapan bunga FLPP yang turun drastis, seperti dikehendaki Menpera Djan Faridz tidak masuk hitungan bisnis BTN. Apalagi perseroan merupakan pemegang portofolio terbesar FLPP tahun 2011, dengan porsi hampir 99,4 persen. “Karena itu kita serahkan pada pemerintah sebab ini program pemerintah. Kita tidak berwenang mengatur, dan semua bank bisa memilih (ikut atau tidak), kalau memilih ikut tentu komitmen melakukannya,” ujar Iqbal. Dijelaskan Iqbal, pada tahun 2011 awal program FLPP diluncurkan, ada 16 bank yang ikut menandatangani program ini. Dalam perjalanannya, ternyata BTN melakukan penyerapan yang terbesar yakni mencapai 99,4 persen. Sebelumnya FLPP ditetapkan berupa subsidi suku bunga tetap untuk kredit rumah bersubsidi pada kisaran 8,15 - 9,95 persen dengan tenor 15 tahun. Sumber dana berasal dari pemerintah dan bank peserta, dengan komposisi dana penyertaan berbanding 60:40. Kesepakatan FLPP ini berakhir Januari 2012 dan belum ada kesepakatan baru antara Kemenpera dan Perbankan, terkait permintaan pemerintah menurunkan suku bunga pada kisaran 5-6 persen dengan komposisi 50:50. (h/trn)


NASIONAL 5

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

NOTES Tragedi Aziz Angkat

H. ABDUL Aziz Angkat adalah Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara periode 20042009. Ia terpilih menjabat sejak 13 November 2008 untuk mengisi posisi yang kosong itu setelah ketua lama, H. Abdul Wahab Dalimunthe, mengundurkan diri karena mencalonkan diri untuk menjadi Anggota DPR-RI periode 2009-2014. Pada tanggal 3 Februari 2009 Aziz Angkat meninggal setelah sebelumnya ia dikeroyok massa demonstran yang kecewa karena tuntutan mereka mengenai pendirian Provinsi Tapanuli tidak dikabulkan oleh DPRD Sumut. Menurut otopsi dokter, penyebab kematiannya adalah serangan jantung. (wkp)

LINGKAR Jaksa Juprisal Ditangkap Polisi JAKAR TA, HALUAN– Seorang jaksa, JAKART Juprizal, dikabarkan ditangkap polisi karena menerima uang suap sebesar Rp 200 juta di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (2/2). Kejaksaan Agung telah mendengar kabar tersebut dan akan turun ke lapangan untuk mengecek kabar tersebut. “Beritanya masih simpang siur. Untuk jelasnya saya sudah minta laporan lengkap dari Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri,” kata Jaksa Agung Muda Pengawas (JAM Was), Marwan Effendy, kepada paran wartawan, Kamis (2/2). Marwan menambahkan pihaknya menerima dua informasi yang berbeda terkait penangkapan jaksa Juprizal terkait penerimaan suap. Berdasarkan versi pertama jaksa tersebut sedang melakukan pencarian data karena pihak yang dituju takut terbongkar perbuatannya. Maka dijebaklah dia seolah-olah mau memeras. Sedangkan pada versi lainnya, kabarnya dua pihak ini (jaksa dan pemberi suap) sudah deal terlebih dahulu. Maka dari itu, pada saat akan transaksi Juprizal ditangkap. Kejaksaan Agung pun sedang mencari informasi yang lengkap mengenai tindak pidana jaksa itu. “Kita cari informasi lengkap dulu,” tegas mantan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM Pidsus) ini. (rep)

Bus Maju Jaya Seperti ‘Xenia Maut’ SUMEDANG, HALUAN – Satuan tim Jajaran Polda Jabar dan Korlantas Kepolisian Republik Indonesia baru saja usai melakukan olah TKP di lokasi jatuhnya bus Maju Jaya di turunan Wado, Kabupaten Sumedang yang menewaskan 12 korban. Metode olah TKP yang dilakukan, Kamis (2/2), sama persis dengan kejadian Xenia maut di Tugu Tani beberapa waktu silam. Dari hasil olah TKP yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut, pihak kepolisian belum bisa menghasilkan dugaan sementara penyebab kejadian nahas yang terjadi Rabu (1/2). Sementara itu, Kepala Korlantas Kepolisian Republik Indonesia, Kombespol Indrajit menjelaskan, olah tkp yang dilakukan menggunakan metode Traffic Analysist Accident. Metode ini kali pertama dilakukan di Jawa Barat, setelah sebelumnya digunakan di Tugu Tani pada kasus Afriyani dengan xenia mautnya. “Metode ini hasil studi di Belanda, keuunggulannya mampu mengidentifikasi kondisi pra dan pasca kejadian,” ujarnya. (rep)

Nasrep Manfaatkan Celah Hukum JAKAR TA, HALUAN– Wakil Ketua JAKART Dewan Perwakilan Rakyat Priyo Budi Santoso, menilai keberhasilan Partai Nasional Republik (Nasrep) berkelit dari ketentuan verifikasi badan hukum di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah karena memanfaatkan celah peraturan yang ada. Menurut Priyo, memang tidak ada larangan untuk mengakuisisi partai politik yang sudah berbadan hukum. Sejak pemilu 1999 diketahui ada banyak partai yang resmi secara organisasi dan sah berbadan hukum namun dalam kondisi seperti hidup segan mati tak mau. “Kelihatannya itu memanfaatkan celah. Dari segi undang-undang memang itu belum diatur pelarangannya,” ujar Priyo di DPR RI, Kamis. Sebelumnya, Menkum HAM Amir Syamsuddin menyatakan proses akuisisi Partai Nasional Republik dengan Partai Nurani Umat diperbolehkan dan tidak melanggar undangundang. “Kalau undang-undang memungkinkan tentunya kita tidak boleh menghalangi atau menutup hak seseorang mengatur partainya sendiri,” kata Amir. Partai yang akan mengusung Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, putra mantan Presiden Soeharto, sebagai calon presiden ini mengakuisisi PNU. Selain PNU, yang akan bergabung adalah Partai Sarikat Indonesia (PSI). Nasrep mundur dari proses verifikasi Kementerian Hukum dan HAM, namun kemudian bergabung dengan PNU yang telah berbadan hukum sejak 2008. Tak hanya bergabung, nama PNU lalu diubah menjadi Partai Nasional Republik. Penggantian nama itu telah didaftarkan, dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada 4 Januari 2012. (vvn)

PERIKSA POHON – Petugas suku Dinas Pertamanan dan mahasiswa Kehutanan dan Pertanian IPB memeriksa kekuatan batang pohon dengan alat Silvates Duo berbasis kecepatan gelombang ultrasonik di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (2/2). Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pohon menopang beban dan langkah ini diambil untuk mengantisipasi pohon tumbang yang sering terjadi akhir-akhir ini. INILAH.COM

LINDU DEMOKRAT

Anas Diminta Mundur JAKARTA, HALUAN – Lindu politik yang menggoyang Partai Demokrat kiat keras. Ketua Umum Anas Urbaningrum bahkan diminta mundur oleh elite Demokrat sendiri. Selain Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman juga berharap Anas mempertimbangkan permintaan kader-kader partai yang minta Anas mundur sebagai Ketua Umum partai Demokrat. Ruhut Sitompul, Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi Partai Demokrat, meminta Anas mundur Hal ini, kata Ruhut, untuk menyelamatkan partai. “Partai ini harus diselamatkan,”

kata Ruhut di Gedung DPR, Kamis (2/2). Ruhut juga mengatakan, supaya Anas mundur dan fokus terhadap kasus ini. “Saya kepingin dia negarawan dan mundur sementara, saya minta dia fokus pada kasus ini,” kata dia. Ruhut juga meminta kepada Anas untuk memberikan penjelasan terkait namanya yang sering disebut-sebut terlibat dalam kasus Wisma Atlet. “Kok diam saja. Bilang itu tak benar, komentar dong. Saya tidak ingin itu saja, dia harus yakin bahwa dia tidak terlibat. Jangan kayak Miranda (menunda penjelasan). Orang sudah dipenjara, dia baru tersangka, bagaimana kalau 2013, apa enggak ke laut partai kami,” kata dia. “Aku ingin katakan (sejak) awal sama Anas, saya bukan membelot. Saya ring satu dia, serangan Nazaruddin bertubi-tubi kok dia diam. Di dunia dan Indonesia, diam itu ya,” kata Ruhut.

Ruhut mengakui dirinya secara tegas meminta Anas Urbaningrum mundur. Selain dia, ada beberapa ketua DPP dari daerah menginginkan hal yang sama. “Saya mempeloporinya. (tapi) Ada ketua (DPD) Kalimantan Timur dan beberapa ketua minta (Anas mundur),” kata Ruhut. Ruhut juga tak menampik adanya isu di internal partai mengenai pelengseran Anas. Bahkan, isu pelengseran Anas juga sudah sampai ke pengurus Partai Demokrat di daerah. “Waktu ramai kemarin, saya ke daerah, melihat ramai ada yang pro dan kontra,” ujar dia. Dia mengingatkan agar Anas legowo jika diminta mundur dari jabatannya. Bukan justru bersikeras mempertahankan. “Anas, ketua umum. Beda dengan Nazar (dipecat). Jadi Anas legowo, saya tidak mau itu (pemecatan) diberlakukan, tapi dari dia lah,” kata dia. Senada dengan Ruhut, Anggota Dewan Pembina Partai

(159)

Surat Hayati yang Penghabisan SETELAH hampir setengah jam mereka duduk di sekitar pembaringan itu, dilamun oleh pekik dan rintih orang-orang sakit yang lain, maka Hayati memutar kepalanya sedikit demi sedikit, dan tidak lama kemudian, matanya dibukakannya. Dilihatnya wajah Zainuddin tenangtenang, maka timbullah dari matanya, sekejap saja, cahaya pengharapan.”Kau...Zain...” “Ya, Hayati! Allah rupanya tak izinkan kita berpisah lagi, bila telah beroleh keizinan dari dokter, kita segera berangkat ke Surabaya.” Dilihatnya pula Muluk tenang-tenang,”...Bang!..Su..rat. “Sudah Hayati, sudah kuberikan!” kata Muluk dan lehernya tersentak hendak menangis. Hayati pingsan kembali.

Juru rawat masuk kembali, bersama dokter setelah memeriksa orang lain, sampailah pemeriksaan kepada Hayati. Dilihatnya muka perempuan muda itu, diperiksanya tangannya, didengarkannya turun naik nafasnya. Setelah beberapa lama selesai memeriksai itu, dia masih berdiri dengan tenang. “Bagaimana halnya Tuan Dokter?’ tanya Zainuddin, dengan wajah yang sangat cemas. “Dia terlalu payah, darah terlalu banyak keluar, sekarang dia demam.” “Kalau perlu ambillah darahku sendiri Tuan Dokter, untuk menolong jiwanya.” “Sayang disini perkakas tidak cukup. Baru saja dipesankan ke Surabaya, beberapa dokter akan datang membantu kemari.”

Dokter pun pergi pula kepada yang lain... Hari telah mulai malam, si sakit masih tidur dengan tenangnya, Zainuddin dan Muluk duduk menjaga dengan tak mengingat kepayahan. Kira-kira pukul 10 malam dibukanya pula matanya. ***

Demokrat Hayono Isman juga meminta Anas mempertimbangkan permintaan mundur. Namun, Hayono menegaskan bahwa permintaan mundur, bukanlah pendapat dari Dewan Pembina. “Ini pendapat pribadi yang saya pikir sah sah saja disampaikan ke Ketua Umum,” kata Hayono. Menurut Hayono permintaan agar Anas mundur mungkin itu karena polling partai yang tergerus oleh isu ini. “Itu barangkali pertimbangannya, bukan kepada figur ketum. Tapi tergerusnya citra partai di hadapan publik,” kata dia. Namun, menurut Hayono, usulan agar Anas mundur ini,

seharusnya langsung disampaikan kepada Ketua Umum. Menurutnya, jika usulan ini disampaikan kepada media hal ini dapat mencederai keutuhan partai. “Kan sekarang ini kita menjaga keutuhan partai. Itu yang utama menghadapi ini. Ini masalah sulit bagi partai karena citranya tergerus oleh Nazaruddin yang mengaitkan ketua umum kita,” kata dia. “Kami sarankan kepada kader partai termasuk sahabat saya Ruhut Sitompul sampaikan langsung kepada Anas, jangan kepada media karena bisa memecah keutuhan partai,” kata dia. (dn/vvn/inh)

PROYEK PEMBELIAN ALUTSISTA

Presiden SBY Endus Penyimpangan JAKARTA, HALUAN – Dugaan adanya penyimpangan dalam proyek pengadaan alat utama sistem senjata (Alutsista) terendeus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Tapi saya minta dihentikan betul praktik-praktik yang tidak benar, saya masih mencium godaan-godaan yang tidak benar itu, termasuk siapa yang mengajak melakukan penyimpanganpenyimpangan dalam pengadaan alutsista,” ujar SBY dalam Rapat Kabinet Terbatas di Kantor Presiden, Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/2). SBY mengatakan, pengadaan alutsista yang telah dianggarkan pemerintah Rp156 triliun harus terbuka penjelasannya kepada publik. Namun yang terjadi penjelasan dari pengguna alutsista yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Menteri Pertahanan yang menangani proses pembelian alutsista, cenderung tertutup kepada publik. “Jangan isunya digeser ke sanakemari, dan membingungkan semua orang. Jelaskan yang baik, berikan penjelasan yang sejelasjelasnya,” kata SBY.

Seperti diberitakan, beberapa proyek pembelian alutsista menuai kontroversi, di antaranya rencana pembelian tank Leopard dari Belanda dan pesawat intai tanpa awak buatan Israel. Jangan Buatan Israel Sementara itu Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, saat ini TNI AU memang membutuhkan pesawat jenis intai sebagai pesawat patroli yang akan ditempatkan di perbatasan. “TNI berencana beli pesawat intai tanpa awak khususnya untuk patroli perbatasan. Dari sisi kebutuhan ini prioritas,” kata Mahfudz. Namun, Komisi I meminta TNI untuk tidak membeli pesawat intai produksi Israel. Sebab Israel sendiri merupakan negara pelanggar HAM terberat. “Terkait rencana pembelian dari Israel, Komisi I pernah sampaikan pandangan agar tidak beli kes ana dan cari opsi lain. Kalau negara barat seringkali soroti HAM Indonesia dalam pembelian alutsista, maka Israel adalah negara pelanggar HAM terbesar di dunia,” tandasnya. [inh)

Hakim Syarifuddin Dituntut 20 Tahun JAKARTA, HALUAN– Majelis Hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) diminta menjatuhkan hukuman selama 20 tahun penjara dan denda Rp500 juta, subsider enam bulan kurungan penjara terhadap hakim nonaktif Syarifuddin yang menerima suap Rp250 juta dari

kurator Puguh Wiryawan. Hal itu merupakan tuntutan yang dijatuhkan Penuntut Umum KPK yang diketuai Zet Tadung Alo yang dibacakan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (2/2) di hadapan di Majelis Hakim yang diketui Hakim Gus Rizal.”Menuntut majelis hakim pada

pengadikan tipikor memutuskan, menyatakan terdakwa, Syarifudin telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi seperti diancam dalam pasal 12 huruf a UU Pemberantasan Korupsi, seperti dalam dakwaan pertama,” ujar Zet Tadung Alo.

Sedangkan hal yang meringankan, kata Zet Tadung Alo, “Dari penyidikan sampai fisik di pengadilan tidak ada faktor yang meringankan dari diri terdakwa,” kata Zet Tadung Alo. Sebelumnya, Syarifuddin didakwa dengan Pasal 12 huruf a, b, c, dan atau Pasal 6 ayat 2 dan

atau Pasal 5 ayat 2 huruf a jo Pasal 18 ayat 1 huruf a dan atau Pasal 11 jo Pasal 18 ayat 1 huruf a Undang-Undang No.31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No.20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi. Dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun penjara. (inh)


6 OPINI

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

Momentum Unand Berbenah TIGA hari terakhir, suasana kampus di Universitas Andalas cukup tegang. Ratusan mahasiswa terancam dikeluarkan dari lingkungan kampus karena selama empat semester Indeks Prestasi Kamulatif (IPK) di bawah 2.00. Menurut versi Rektorat mahasiswa yang akan dikeluarkan jumlahnya mencapai 156 mahasiswa, sedangkan versi mahasiswa berjumlah 198 mahasiswa. Keputusan Rektor yang tertuang di dalam Surat Edaran No 655/UN16/ PP/2012 perihal DO (drop out) mendapat “perlawanan” dari mahasiswa dengan melakukan aksi unjuk rasa. Sementara, pihak rektorat sendiri, bergeming. Tetap kepada keputusan untuk menjalankan surat edaran itu. Rektorat telah menetapkan batas akhir pengurusan surat pindah mahasiswa yang terancam DO itu pada Jumat (3/2) ini. Kita bersetuju aturan ditegakkan demi ketertiban dan kelancaran jalannya proses pendidikan di lingkungan kampus Unand. Dan kita tak bisa pula menutup mata, setiap aturan yang diterapkan, tentu ada konsekuensinya. Menjalankan aturan DO itu jelas memiliki dampak besar terhadap “hak” memperoleh pendidikan setiap anak bangsa di negeri ini, kendati mereka diarahkan untuk masuk perguruan tinggi swasta atau negeri lainnya. Menurut mahasiswa, anjloknya IPK mereka sebagian besar karena problem sistem online dan portal yang diterapkan. Secara teknis, mahasiswa sering dirugikan. Selain itu, peran dan fungsi pembimbing akademik (PA), tentu tak bisa diabaikan begitu saja. Banyak keluhan mahasiswa, PA mereka tak berperan seperti seorang dosen yang membimbing mahasiswanya. Tetapi perannya lebih banyak hanya “menandatangani” lembaran-lembaran yang diserahkan mahasiswa tanpa memberikan advis dan konseling. Di sini kita perlu sangat-sangat menyoroti peran PA ini. Ratusan mahasiswa angkatan 2009 yang terancam DO itu, sesungguhnya, kami berpendapat, bukan semata kesalahan dari mahasiswa semata. Banyak faktor penyebabnya. Salah satu mungkin kesibukan para dosen yang mobilitas mengajarnya sangat tinggi. Mengajar di regular dan juga non regular. Sehingga menjadi PA sesungguhnya tak berjalan. Dan mahasiswa yang jadi korban. Maka IPK sebenarnya tak bisa dijadikan patokan untuk melemparkan mahasiswa ke luar kampus. Kita bersepakat dengan pendapat salah seorang pengajar di Unand, faktor ICT yang dikeluhkan mahasiswa, dosen Pembimbing Akademik (PA) yang hanya tandatangan tanpa memperhatikan perkembangan mahasiswanya, dan sebagainya, merupakan faktor pendukung yang tidak bisa diabaikan. Selain itu pula, komunikasi antara rektorat, dekan, dan jurusan, serta mahasiswa tampaknya tak berjalan benar. Surat Edaran yang mengeluarkan mahasiswa dari kampus, sesungguhnya bisa didialogkan dan dikomunikasikan secara baik dan terbuka. Tapi, ini tak berjalan. Uji publiknya belum terpenuhi. Dari berita yang dilansir Haluan, surat edaran pertama yang dikeluarkan Unand terkait proses pindah angkatan 2009 dikeluarkan pada 19 Januari 2012 yang menyebutkan batas akhir mengurus surat pindah pada 26 Januari 2012. Namun diundur sampai 31 Januari 2012 karena desakan mahasiswa, dan Jumat (3/2) ini. Tolak angsur seperti itu, telah menggambarkan kepada kita bahwa semangat dari surat itu bukanlah harga mati yang tak bisa ditawar-tawar lagi. Pihak rektorat diharapkan mampu menerapkannya secara arif dan cerdas. Jikapun dipaksakan, masalahnya akan panjang. Tak ada masalah yang tak terselesaikan. Masalah ancaman DO ini memang telah meluas. DPRD Sumatera Barat telah mencoba menengahi, kendati gagal menurunkan petinggi Unand dari menara gading di Kampus Limau Manih itu. Gagal digelar pertemuan yang dijadwalkan pada Rabu (2/1) lalu. DPRD berpendapat masih banyak cara lain untuk menyelesaikan persoalan ini, misalnya dengan adanya semester pendek. Dari penelusuran Haluan, sebagian mahasiswa Unand mengeluhkan hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, kenyamanan dalam menjalankan pendidikan tidak didapatkan mahasiswa. Pihak Unand harus merespons ini sebagai masukan penting dari mahasiswa. “Pihak rektorat sebaiknya membereskan dulu sistem portal sampai pada cara pembimbingan akedemik dengan baik. Sebab, ini sistem berantai. Persoalan akademik mahasiswa tidak berhak diputuskan oleh pihak rektorat saja, sebelum diketahui pembimbing akademik (PA) mereka.” Begitu mahasiswa mengkritisi kampusnya. „

„ Tenaga kerja Sumbar kurang berminat ke luar negeri „ Hujan emas di negeri orang… „ Dua petani dituntut dua tahun penjara „ Nasib, nasib…

Tuntutan Rakyat Nagari Guguak Direspons TUNTUT AN Rakyat Nagari Guguak Malalo direspons terhadap PLN TUNTUTAN disikapi Gubernur Sumbar. Yth: Bapak Gubernur Sumbar, Bpk Bupati Tanah Datar, Ketua DPRD Tanah Datar, Bpk Rizanto Algamar anggota DPRD Sumbar. Kami dari dari Team 11 yg merupakan utusan anak Nagari Guguak Malalo, mengucapkan Terimakasih yang tak terhingga kepada Bapak2, atas tanggapan dan respon positif dari Bapak2 Yth, atas jeritan hati kami terhadap PLN. Kami berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa, semoga hal ini menjadi amal ibadah bagi Bapak2 dan dibalasi oleh Allah dg pahala yang setimpal hendaknya. Amin amin ya robbal alamin. Asmis Samri

Terbit Sejak 1948 Pendiri H. Kasoema

Penerbit: PT Haluan Sumbar Mandiri (Haluan Media Group). SIUPP No 014.SK.Menpen.SIUPP A.7 1985 tanggal 19 November 1985.

Nabi Muhammad sebagai ‘Role Model’ Oleh: Donny Syofyan Dosen FIB Universitas Andalas

KITA bersyukur bahwa Allah masih menganugerahkan kita kesempatan untuk memperingati Maulid (hari kelahiran) Nabi Muhammad SAW. Maulid Rasulullah adalah sebuah peristiwa yang akan dikenang sampai akhir zaman dan terus mengilhami umat Islam, tentu dengan catatan bahwa umat Islam konsisten meniru dan mengikuti ajaran dan perilaku Nabi Muhammad. Dalam dunia yang sarat dengan goncangan dan tekanan yang tiada hentinya, kita kembali mengingat Nabi Muhammad sebagai figur penyelamat yang tak tertandingi yang berhasil membawa dunia dan umat manusia untuk perdamaian dan kemakmuran. Kontribusi Muhamad dalam hal ini tidak dapat disangkal. Hal ini terkait dengan gaya kepemimpinan Rasulullah yang berhasil menyelamatkan pengikutnya dan umat manusia terlepas dari belenggu askriptif, semisal warna kulit atau ras. Jika gaya kepemimpinan Rasulullah betul-betul diadopsi oleh para pemimpin Islam, kaum Muslimin tidak akan pernah berada dalam konflik atau perperangan, seperti yang terjadi di Dunia Arab. Persatuan mereka akan

tumbuh lebih kuat dan kemakmuran akan mudah didapatkan. Kepemimpinan dan tuntunan moral Nabi Muhammad harus dirujuk sebagai pelajaran. Kegagalan melakukan ini menjadikan peringatan Maulid Rasulullah hanya sekadar seremonial namun abai pada ajaran-ajarannya. Keteladan Nabi Muhammad menempatkan beliau sebagai cermin kesabaran, sifat murah hati dan selalu bersyukur. Kesabarannya dapat diamati lewat kemampuan beliau mengendalikan emosi, rasa sakit dan penderitaan yang diberikan suku Quraisy dalam awal misi dakwahnya di Mekah. Terlepas dari kuatnya oposisi kaum suku Quraisy, Nabi Muhammad tetap sabar dan sukses menyebarkan Islam. Nabi Muhammad juga seseorang yang sangat pemaaf dan tidak pendendam. Dia tidak nyinyir dengan keluhan meskipun dahsyatnya penderitaan yang dialaminya. Sungguhpun Nabi Muhammad adalah seorang penguasa penuh kasih dan pemimpin spiritual, banyak yang tidak sadar bahwa ia adalah sosok yang memiliki rasa humor yang luar biasa. Nabi juga tertawa dan bergurau. Nabi sering tersenyum dan ytak jarang membuat lelucon dengan para sahabatnya. Tatkala seorang nenek mendatanginya dan bertanya tentang surga, beliau menjawab, “nenek-nenek tidak masuk surga.” Wanita tua itu menangis. Ketika si nenek hendak pergi, seraya menunjukkan rasa humor yang halus, Rasulullah bersabda, “nenek-nenek akan menjadi muda sebelum ia memasuki surga.” Pada kesempatan lain seorang pria mendekati Nabi dan memintanya untuk naik unta. Nabi berkata, “Aku akan memberikan

anak unta.” Kata pria itu, “Wahai Rasulullah. Apa yang akan saya lakukan dengan anak unta? “Nabi tersenyum dan berkata,” Apakah ada unta yang bukan keturunan unta? “ Dilihat dari holistitisitas kepribadian beliau, Michael H. Hart tidak berlebihan dalam buku klasiknya, The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History (edisi 1992), mengatakan bahwa Muhammad telah memainkan peran yang jauh lebih penting dalam pengembangan dan penyebaran Islam melebihi tokoh-tokoh agama-agama lainnya. Beliau bertanggung jawab dalam penyebaran teologi dan prinsip-prinsip utama etika-moral Islam. Ia juga memainkan peran kunci dalam dakwah keimanan yang baru dan menetapkan praktekpraktek agama Islam. Selain kekaguman, penghujatan juga menjadi bagian dari sejarah Nabi Muhammad. Pelbagai buku tebal telah ditulis untuk penghujatan yang dilakukan oleh pihak-pihak Barat, seperti sarjana Orientalisme dan orang lain yang hanya membencinya. Pada tahun 2005 surat kabar Denmark, Jyllands-Posten, menerbitkan kartun satir Nabi Muhammad atas nama kebebasan berpendapat. Hal ini memicu kemarahan Muslim dan protes kekerasan di seluruh dunia. Pada tahun 2008 perusahaan buku Serbia, BeoBooks, memesan sebuah novel tentang kehidupan Nabi Muhammad yang sudah ditarik oleh penerbit di Amerika Serikat karena derasnya protes umat Islam di sana. Perusahaan penerbitan Serbia ini memiliki 1.000 eksemplar novel yang telah dicetak dan dikirim ke tokotoko buku lainnya. Akhirnya novel

ini kembali ditarik peredarannya setelah eskalasi tekanan dari para pemimpin Islam. Bukanlah tindakan yang bijaksana untuk menerbitkan gambar atau kartun Nabi Muhammad dengan kata-kata yang tidak pernah diucapkannya. Perilaku tak beradab itu jelas merupakan penghinaan terhadap pemimpin dunia yang sangat dihormati kaum Muslimin. Pada sisi lain, bukanlah keanehan di saat Muslim merasa sedih dan marah ketika seorang ‘uswah’ yang hebat telah direduksi menjadi bahan tertawaan dan olok-olokan. Namun demikian, umat Islam tidak perlu ikut-ikutan bereaksi lewat liar tindakan destruktif karena hanya akan membuat mereka menjadi korban taktik dan trik kelompok Islamphobia yang selalu akan mencoba untuk menghasut kemarahan dan ingin melihat Muslim dalam kekacauan. Meskipun kegelisahan dan kesedihan tetap niscaya, kaum Muslimin diingatkan bahwa Nabi Muhammad tidak pernah mengajarkan pengikutnya untuk menyakiti orang lain. Sejarah telah menunjukkan bahwa Nabi tidak pernah ceroboh atau agresif saat menangani situasi seperti ini. Ia dikenal sebagai tokoh yang sabar dan tenang dalam menghadapi penghinaan dan rasa sakit, tidak pernah menurunkan dirinya ke tingkat yang sama dengan musuh. Pertanyaan yang lebih penting untuk menjawab adalah ini: ketika semua upacara dan kegiatan Maulid Nabi Muhammad ini usai, akankah kita masih mempertahankan semangat dan prilaku Nabi Muhammad dengan menjadikannya sebagai super uswah, suri tauladan, dan role model yang paripurna?„

Sistem Pemerintahan Rasulullah Oleh: Alfian Jamrah PADA tanggal 5 Februari 2012 M yang bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1433 H kita memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu hari kelahiran Rasulullah. Sebagian sumber menyatakan bahwa beliau lahir pada 20 April 571 M dan pada tahun 2012 ini telah mencapai 1441 tahun. Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tidak sama dengan acara ulang tahun biasa, tetapi lebih dominan sebagai media mengenang kehidupan, sunnah, etika dan akhlaqul Rasulullah SAW. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2012 M/1433 H ini kita ingin mengenal beberapa hal tentang kepemimpinan dan sistem pemerintahan yang beliau terapkan pada waktu itu. Ketika sudah hijrah ke Madinah, beliau Rasulullah membentuk dan menjadi pimpinan pemerintahan (khalifah) dan bahkan sebagai kepala Negara. Kepemimpinannya sangat santun, jujur (al rasyidah), melindungi dan mensejahterakan masyarakat serta juga memberi perlindungan kepada warga non muslim. Pada waktu itu beliau dapat menyatukan kaum penduduk asli (anshar) dengan kaum pendatang (muhajirin) serta telah membuat peraturan perundang-undangan sebagai pedoman. Dalam memimpin pemerintahan Rasulullah mengutamakan musyawarah, berlaku adil, penuh belas kasih dan menjadikan Allah SWT sebagai yang paling berkuasa atas semua kekuasaan, Allah Maha Kuat, Allah Maha Bijaksana, Allah Maha Memelihara dan Allah yang menentukan semuanya. Kemudian dalam sistem pemerintahan itu juga sudah ada duta besar negara tetangga dan beliau juga mengirim utusan ke negara-negara lainnya. Dalam kitab Al-Wafa karya Ibnul Jauzi dinyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berkirim surat kepada Raja Muqauqis dengan kurirnya Hathib bin Abi Balta’ah, mengirim surat kepada Kaisar

Romawi, kepada Jabalah bin AlAiham, kepada Raja Himyar dan lainnya. Bahkan beliau juga pernah mengutus delegasi ke Kisra, ke Haudzah, ke Najasyi dan berbagai daerah serta kerajaan lainnya. Hebatnya Rasulullah juga menjadi penglima perang yang langsung terjun ke medan peperangan, berarti beliau adalah jenderal perang yang tidak hanya duduk di belakang meja saja. Sekurang-kurangnya ada 28 (dua puluh delapan) kali peperangan yang beliau lakukan, seperti perang Abwa, perang Badar, perang Sawiq, perang Uhud, perang Ghathafan dan perang Khandaq. Semboyan perang beliau juga tegas, yaitu habisi dia! (HR. Qhurtubi). Seorang sahabat pernah mendengar beliau mengucapkan semboyan: “Jika kalian bertemu musuh maka semboyan kalian adalah : “Hamiim, semoga mereka tidak diberikan kemenangan”. Ketika saya buka kitab Shahih Muslim (terjemahan hadits shahih) yang dirawi oleh Imam Muslim bin Hajjaj Al Qusyairy An Nisabury yang diterjemahkan oleh Ma’mur Daud serta ditasbih oleh Syekh H.Abd.Syukur Rahimy, saya temukan 2521 buah hadis shahih, yaitu hadis yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Salah satu hadis yang menarik saya temukan, mengatakan: Dari Abdurrahman bin Samurah r.a. katanya : Rasulullah SAW bersabda kepadaku, “Hai Abdurrahman janganlah engkau meminta-minta hendak jadi pembesar Negara. Jika engkau jadi pembesar karena permintaan, tanggung jawabmu akan besar sekali. Dan jika engkau diangkat tanpa permintaan, engkau akan ditolong orang dalam tugasmu”. Kemudian dari Abu Musa r.a katanya “Aku datang menemui Nabi bersama dua orang laki-laki anak pamanku. Yang seorang berkata, ya Rasulullah angkatlah aku jadi amir (pembesar) di salah satu daerah yang telah dikuasakan Allah kepada anda. Dan yang seorang lagi berkata pula seperti itu. Jawab Rasulullah SAW ; Demi Allah ! aku tidak akan mengangkat

seseorang yang meminta-minta supaya dia diangkat untuk memangku suatu jabatan, bahkan tidak pula orang yang berharap-harap (berambisi) untuk itu”. Begitu tegasnya Rasulullah SAW bahwa beliau tidak akan mengangkat orang yang meminta-minta jabatan, apalagi membelinya. Rasulullah juga menerapkan sikap yang tegas terhadap oposisi, yaitu “Barang siapa di antara kamu melihat kemungkinan, maka hendaknya ia merubah dengan tangannya, apabila ia tidak mampu maka hendaknya dengan lidahnya, maka apabila ia tidak mampu juga maka hendaknya dengan hatinya, dan itulah selemah-lemah iman.” Tentang sogok menyogok juga diatur, katanya: “Barangsiapa menyenangkan hati seorang penguasa atas perbuatan buruk yang dibenci oleh Tuhannya, maka sesungguhnya orang itu telah keluar dari agama Allah.” Tentang perbuatan korupsi juga pernah disebutkan, yaitu “Khianat terbesar ialah tindakan seorang wali (pejabat) yang memperdagangkan milik rakyatnya.” Pada bagian lain seorang sahabat Ma’qil RA pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Seorang yang telah ditugaskan Allah memerintah rakyat, kalau dia tidak memimpin rakyat dengan jujur niscaya dia tidak akan memperoleh bau syurga”. Kemudian Ma’qil RA juga pernah mendengar perkataan lainnya: “Seorang pembesar apabila mati, sedang dia tidak jujur terhadap rakyat niscaya dia diharamkan masuk syurga.” Nabi Muhammad SAW adalah panutan dan contoh teladan bagi ummat dalam menjalani kehidupan. Beliau adalah Nabi akhir zaman (khataman nabiyyin) yang memberi rahmat kepada manusia dan seluruh alam (rahmatan lil ’alamin), beliau juga diutus untuk menyempurnakan akhlaq manusia (akhlaqul kharimah). Di antara sifat dan akhlak Nabi Muhammad SAW itu adalah berbudi luhur, sabar, pemaaf, belas kasihan, penyayang, sifat malu, sifat tawadhu’, memberi rahmat kepada manusia dan dunia, berani,

perkataan yang benar, berkata yang patut saja, keramahan, kedermawanan dan sebaginya. Sedangkan etika keseharian Rasulullah antara lain adalah qana’ah dan tidak mementingkan dunia, tidak menyimpan apapun, berkatakata yang baik, menukar nama yang jelek, banyak bermusyawarah, menjauhi buruk sangka, hati-hati dan banyak lagi yang lainnya. Itulah sifat-sifat pemimpin yang diharapkan. Siti Aisyah RA pernah pula mendengar Rasulullah berdoa, yaitu “Wahai Allah, siapa yang menjabat suatu jabatan dalam pemerintahan umatku lalu dia menyulitkan mereka maka persulit pulalah dia, dan siapa yang menjabat suatu jabatan dalam pemerintahan umatku dan berusaha menolong umatku maka tolong pulalah dia.” sedangkan Abu Hurairah RA pernah mendengar beliau memberi nasehat : “Sesungguhnya kamu sangat mengharapkan jabatan pemerintahan tetapi di hari kiamat itu menjadi penyesalan. Amat baik perempuan yang menyusukan anaknya dan amat buruk perempuan yang berhenti menyusukan anaknya.” Nah, apakah kita sudah menjalankan pemerintahan sebagaimana yang telah diterapkan oleh beliau Rasulullah SAW. Apakah kita sudah menjalankan sunnah beliau dalam memimpin untuk keselamatan dunia dan akhirat. Atau sebaliknya, praktek pemerintahan kita terlalu jauh dari semua yang pernah dilakukan oleh Rasulullah, tidak berpedoman kepada Alquran dan hadits sehingga akhirnya timbul kemudharatan. Apakah kita hanya lebih mementingkan diri sendiri dan kelompok serta memperturutkan hawa nafsu untuk meraih kekuasaan dan menyalahgunakannya. Semoga peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini akan ada syafaat dan ma’rifatnya bagi kita semua, khususnya para pemimpin, penguasa dan pelaku pemerintahan, baik eksekutif, legislatif, yudikatif, politisi serta pengusaha. Semoga!„

Pemimpin Umum: H. Basrizal Koto, Pemimpin Redaksi: Zul Effendi, Pemimpin Perusahaan: Irfan Jasri, Wakil Pemimpin Redaksi: Eko Yanche Edrie, Dewan Redaksi : H. Hasril Chaniago (Ketua), Zul Effendi, Eko Yance Edrie, Ismet Fanany MD, Nasrul Azwar, Redaktur Pelaksana: Ismet Fanany MD, Nasrul Azwar, Sekretaris Redaksi: Silvia Oktarice, Koordinator Liputan: Rudi Antono, Koordinator Liputan Daerah: Syamsu Rizal, Redaktur: Aci Indrawadi, Afrianita, Atviarni, Dodi Nurja, Nova Anggraini, Perdana Putra, Rahmatul Akbar, Reporter Padang: Gusni Yenti Putri, David Ramadian, Haswandi, Andika Destika Khagen, Ade Budi Kurniati, Suswinda Ningsih, Mice Angelasari, Devi Diani, Nasrizal, Meidella Syahni Koresponden: Syamsuardi S, Jon Indra, Ridwan (Bukittinggi), Dedi Salim, Trisnaldi (Pariaman/Padang Pariaman), Zulkifli, Syafril Nita, Sri Mulyati, M Siebert (Payakumbuh/Limapuluh Kota), Atos Indria, Ahdi Susanto, Welina (Pasaman), Miazuddin, Kasra Scorpi (Agam), Iwan DN, Darwin Danin, Maison (Padang Panjang), Yuldaveri, Emrizal, Aldoys (Tanah Datar), M. Junir, Gusmizar (Pasaman Barat), Sabrul Bayang, M. Joni, Haridman (Pesisir Selatan), Syamsuardi Hasan, Riswan Jaya, Alfian, Almito, Marnus Chaniago (Kabupaten Solok/Kota Solok), Icol Dianto (Solok Selatan), Alamsyah Halim, Fadilla Jusman (Sawahlunto), Azneldi (Sijunjung), Maryadi, Ferry Maulana (Dharmasraya), Biro Jakarta: Syafruddin Al (Koordinator), Syafril Amir, Jamalis Jamin, Surya, Biro Riau: M. Moralis Biro Kepri: Yon Erizon Tim Kerja Usaha: Isbadri Bakri (Koordinator Sirkulasi), Nofriza Zaniyar, Alfarino Ikhsan (Koordinator Promosi), koordinator Iklan : Yunasbi, Tata Letak/Desain: Syafrizal (Koordinator), Nurfandri, Rahmad Doni, Rahmi, David Fernanda, HRD : Desmasari, Umum : Nurmi Jamal, Keuangan : Bedhendri, Kasir : Desy, TI : Teguh, Defriansyah Pra Cetak : Sawal Marjuni.HRP, Mai Hendri, Syamsul Hidayat, Cetak : Mardianto (Koordinator), Elvin Devino, Afandi, Rudi Kurniawan, Prasetyo, Jecky Jekcson. Alamat Redaksi/Bisnis: Komplek Bandara Tabing, Jl Hamka Padang. Telp. (0751)4488700, 4488701, 4488702, 4488703, Fax (0751) 4488704 Email: redaksi_haluan@yahoo.com, website: http/harianhaluan.com, Kantor Jakarta: Graha Basko, Jln. Kebun Kacang XXIX No.2A Jakarta Pusat 10240. Telp. (021) 3161472, 3161056 Fax. (021) 3915790, Harga Langganan/iklan: Harga langganan bulanan dalam kota Padang Rp57.000, Harga eceran Rp2.500,- Tarif iklan: Tarif Iklan: Display FC halaman satu: Rp50.000/mm kolom, Display BW halaman satu: Rp35.000/mm kolom, Display halaman dalam FC: Rp35.000/mm kolom, Display halaman dalam BW: Rp17.500/mm kolom, Iklan SC :Rp25.000/mm kolom, Sosial/Ucapan Selamat FC: Rp15.000/mm kolom, Sosial/Ucapan Selamat BW: Rp10.000/mm kolom, Dukacita: Rp10.000/mm kolom, Iklan kolom (maks 300 mmk) FC: Rp15.000, Iklan Kolom (maks 300 mmk) BW: Rp10.000, Advertorial FC: Rp40.000/mm kolom, Advertorial BW: Rp10.000/mm kolom Bank: BRI Cabang Padang Rek No: 0058-01-001430-30-8, Bank Nagari Cabang Utama Padang Rek No: 1008.0103.00009.1 PT Haluan Sumbar Mandiri Dicetak oleh Unit Percetakan PT Haluan Sumbar Mandiri Padang. Klik http://www.harianhaluan.com


SUMBAR 7

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

LINGKAR BERKAS UCOK MONDO CS

Diterima Kejari Sjunjung SIJUNJUNG, HALUAN– Kejari Sijunjung kembali menerima berkas tersangka dan barang bukti (BB) yang tersangkut dalam kasus pertambangan batu bara dari Polda Sumbar. Berkas yang diserahkan kali ini adalah atas nama Zulhermon panggilan Ucok Mondo, selaku Dirut PT Sumatera Natural Resource (SNR), Jumadi Piliang, karyawan PT NSR dan Eri Yanto yang menjabat selaku pengawas lapangan PT NSR. Hal tersebut ditegaskan Kepala Kejari Sijunjung, Pipuk Firman Priyadi SH MHum usai menerima penyerahan tahap dua ini di Kejari Sijunjung, Kamis (2/2). Menurut Pipuk, para tersangka dijerat dengan pasal 158 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara (Minerba) junto Pasal 55 (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda paling banyak sebesar Rp10 miliar. Kasus ini seelum di tangani Polda Sumbar untuk selanjutnya diserahkan ke Kejari Sjunjung untuk di sidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Muaro nantinya. Kejari Sijunjung langsung menyiapkan dakwaan untuk para tersangka seminggu setelah berkas ini diterima. Seperti diketahui sebelumnya, kasus ini mencuat ke permukaan setelah PT NSR yang belum punya izin Kuasa Pertambangan (KP) tersebut melakukan eksploitasi batubara di Bukit Bual yang berbatasan dengan Kota Sawahlunto. Selanjutnya, batubara yang sudah di tumpuk itu dijual melalui CV Piliang Grup yang terletak di Kabun, Sisawah, Sumpur Kudus. Atas kejadian ini, tim penyidik Polda Sumbar langsung memproses kasus ini dan sempat menahan ke tiga tersagka berikut dengan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Sijunjung, Poltak Panjaitan dengan berkas terpisah. (h/nop)

Ninik Mamak Jangan Berpolitik DHARMASRA YA, HALUAN – Ninik mamak, DHARMASRAY kalau ingin beribawa, jangan bermain partai politik. Tapi bukan berarti tidak boleh berpolitik. Artinya jangan berpolitik praktis. Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, M.Sayuti Dt.Rajo Pangulu, Kamis (2/2), di Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung, dalam pengukuhan ninik mamak, MUI, TP-PKK dan pemuda nagari Siguntur. Dikatakannya, hal itu perlu ditegaskan karena bila ninik mamak sudah bermain politik praktis, maka tidak ada kenetralannya dalam mengayomi anak kemenakan. Dan bila terjadi masalah, maka ia akan terbawa dengan rasa partai politiknya. Dalam hal pengukuhan ninik mamak di Siguntur, merupakan hal yang baru dan pertama dibuat oleh Wali Nagari Siguntur Suardi Ayub. Hal ini juga yang pertama di Dharmasraya, dan juga perlu dicontoh oleh nagari lain di Kabupaten Dharmasraya. Karena, kata Sayuti Dt. Rajo Pangulu, pengukuhan dan pelantikan ninik mamak di nagari sangatlah penting, terutama jika terjadi pemakaian dana anggaran dari pemerintah. Jika tidak dilantik atau dikukuhkan, maka bila niniak mamak memakai uang negara, merupakan temuan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ketua LKAAM juga menyatakan bahwa ninik mamak Siguntur berhak mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan asuransi dari LKAAM Sumbar, karena sudah syah secara hukum. Selain pengukuhan ninik mamak oleh LKAAM Sumbar, Wali Nagari Siguntur Suardi Ayub juga melantik pengurus TP-PKK dan MUI serta pemuda nagari Siguntur. (h/mdi)

Polres Sijunjung Gelar Sertijab SIJUNJUNG, HALUAN– Ada suka, ada duka. Begitulah yang terjadi dalam kehidupan manusia. Begitu juga yang terlihat kemarin pagi di Mapolres Sijunjung. Suasana kurang mengenakkan dialami AKP Syamsul Bahri dan Iptu Al Indra. Sudahlah dicopot dari jabatan Kapolsek dan Kanit Res Sijunjung dan menjalani hukuman disiplin 21 hari dalam tahanan bersama tujuh anggotanya yang lain, kini keduanya dan Kanit Intel Aipda Irzal juga sudah ditetapkan pula sebagai tersangka sekaitan dengan tewasnya dua tahanan, Faisal Akbar dan Budri M Zen. Seperti diketahui, jabatan Kapolsek Sijunjung yang dicopot dari Syamsul Bahri, di Plt kan kepada Iptu Muzahar, Kaur Bins Ops Sat Narkoba. Namun sejak seminggu lalu jabatan ini sudah di pegang AKP User Harianja. Syamsul Bahri yang baru tiga bulan menjabat dicopot dari jabatan sekaitan dengan tewasnya dua kakak beradik ini di dalam sel tahanan tersebut. Hal yang sama juga dialami Kanit Res Iptu Al Indra dan Kanit Intel Irzal.

Pantauan Haluan, dengan ditetapkannya ke dua perwira dan satu bintara ini menjadi tersangka, suasana Polres Sijunjung terlihat tidak seperti biasanya. Tidak banyak komentar yang keluar atas peristiwa ini. Syamsul Bahri ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menyuruh tahanan ini merayap ketika diperiksa di Mapolsek. Syamsul Bahri dan Al Indra bersama tujuh anggota lain masih menjalani hukuman disipilin di sel tahanan Mapolres. Sementara itu, pada saat yang bersamaan, Polres Sijunjung juga menggelar serah terima jabatan (sertijab) lima perwira di gedung Jananuraga Mapolres, di pimpin Kapolres AKBP Drs Sumarto M.Si. Ke lima perwira yang melakukan sertijab itu dua di antaranya Kapolsek, dua Kasat dan seorang lagi Kabag. “Hanya kebetulan. Sertijab sudah lama direncanakan. Tertunda karena banyak kesibukan,” kata Kasubag Humas AKP H Zubirman SH. Adapun perwira yang disertijab kemarin adalah Kompol Dwi Harsono SH. Dwi Warsono menyerahkan jabatan yang selama

Suasana sertijab di Polres Sijunjung dipegangnya sebagai Kabag Ren Polres Sijunjung kepada Kompol Edison SH. Untuk selanjutnya Dwi Harsono menduduki jabatan baru sebagai Kabag Sumda Polres Dharmasraya yang sebelumnya dijabat Kompol Edison. “Dua perwira ini roling posisi,” jelas Kapolres AKBP Sumarto usai sertijab di Mapolres. Sedangkan Kapolsek Koto VII yang sebelumnya dijabat AKP Ramli SB disertijabkan ke Iptu

Sugianto yang sebelumnya Kaur Bin Ops Sat Reskrim Polres Sijunjung. Selanjutnya, AKP Ramli SB menjadi perwira Polresta Padang. Kapolsek IV Nagari dari AKP M Zanir diserahkan kepada AKP Elvi Piliang SH, Kasat Sabhara. Jabatan Kasat Sabhara selanjutnya dipegang AKP Yon Hendri SH, mantan Kasat Binmas Polres Agam. Sedangkan AKP M Zanir yang sebelumnya menjabat

Kapolsek IV Nagari untuk selanjutnya menjadi Kasubag Sarpras di Polres Sijunjung. Satu lagi Kasat yang diganti kemarin adalah Kasat Lantas. Kasat Lantas yang sebelumnya dijabat AKP Agustober diserahkan kepada AKP Marwan Noer SE, mantan Kasat Lantas Polres Dharmasraya. AKP Agustober selanjutnya menduduki jabatan sama sebagai Kasat Lantas Polres 50 Kota. (h/nop)

Pejabat pemilik mobil dinas berkaca film gelap yang ikut hadir saat sidak banyak yang mesem-mesem. Namun ada pula yang hanya cengar-cengir satu dengan yang lain.

Alhasil Wakil Bupati Desra Ediwan menyarankan kepada para pejabat pemilik mobil dinas berkaca film gelap 60 atau 80 persen untuk mengganti kaca filmnya dengan yang lebih terang.

“Sebenarnya kaca film yang gelap dipakai para pejabat pemilik kendaraan dinas tersebut murni untuk penahan sengatan panas terik mentari saja,” tutur Desra. (h/ris)

Wabup Tegur Mobnas Berkaca Film Gelap SOLOK, HALUAN – Dari tiga puluhan mobil dinas pejabat berplat merah di lingkungan Sekretariat Pemkab Solok, hampir separuhnya didapati memakai kaca film gelap.

mat Doni Samulo. Mobil dinas pejabat pemkab yang didapati Wakil Bupati Desra Ediwan berkaca film gelap hingga tak nampak pengemudi dan penumpangnya bila dilihat dari luar itu, diantaranya adalah BA 31 H milik Kepala Dinas Pertambangan. Lalu BA 11 H dan 10 H milik dua Asisten di lingkungan Sekretariat Daerah. Kemudian BA 68 H yang dipakai Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Solok. Kondisi yang sama juga tampak pada mobil dinas BA 61 H, BA 15 H dan BA 66 H. Puluhan sopir atau pengemudi mobil dinas milik pejabat setempat itu pun sempat kaget ketika diperintahkan wakil bupati memarkir kendaraannya masing-masing di halaman parkir komplek perkantoran Bupati Solok di Arosuka. Selain masalah kaca film, juga ditemukan banyak mesin mobil dinas yang dalam kondisi kotor atau tak terawat. “Kaca film mobil dinas pejabat banyak yang gelap Pak Wabup. Bila dipakai oleh pihak tak bertanggung jawab untuk selingkuh dengan orang lain di atas mobil tersebut, bisa berbahaya Pak Wabup,” seloroh rekan-rekan wartawan kepada Wabup Desra.

Ironisnya kaca film gelap yang dipakai sebagai pelengkap kendaraan para pejabat setempat itu, ukuran kegelapannya 60 hingga 80 persen. Kondisi kaca film gelap dikendaraan plat merah para pejabat itu langsung menjadi perhatian serius Wakil Bupati Solok Desra Ediwan Anan Tanur, yang melakukan inspeksi mendadak atau sidak kondisi dan kelayakan kendaraan para pejabat di lingkungan pemkab setempat, Kamis (2/2). Saat melakukan sidak, Desra Ediwan didampingi Sekda Asrizal dan Asisten Administrasi Iriani serta Kabag Umum Rah-

PEMERINTAH KABUPATEN SOLOK KECAMATAN TIGO LURAH

Mengucapkan Selamat dan Sukses Acara Alek Kaul Nagari Gerabak Data Kecamatan Tigo Lurah

Tertanda, Syaiful Anwar, SPd Camat

Telah Hadir di Kota Padang Profesional Event Organizer

DAKOTA PASBINDO MAKMUR SOLINDO GROUP

Anda Butuh Pameran Seminar, Konferensi Corporate Event Product Launching Fun Game

Outbond Surving Guide Artist Management Seni Pertunjukan Sewa Tenda : Sarnafil (Kerucut) Roder & Sewa Partisi

Hubungi kami :

Alamat : Kantor Pusat Buku Sumatera Barat Jl. Jend. Sudirman No. 52 Padang Telp./Fax. (0751) 811075 IRWAN 081218181122 KETTY 08217314116

Bpk. EKA 081374012985 TRIO 085263425934

AHappysianowturand forever

Biro Perjalanan Tepercaya P T. A S I A ANDALAS W I S ATA

Polisi Gagalkan Rencana Aksi Unjuk Rasa PASBAR, HALUAN – Demonstrasi besar-besaran yang direncanakan dilaksanakan, Kamis (2/2), batal dilaksanakan dengan banyaknya petugas polisi yang diterjunkan ke Simpang Ampek Pasaman Barat. Hingga sore kemarin dengan kehadiran ratusan polisi rencana aksi unjuk rasa berhasil digagalkan kesatuan Polres Pasaman Barat dibantu Polres Padang Pariaman dan Pasaman. Tidak ada orasi, meskipun ada sekitar seratus massa yang berkumpul di jalan protokol depan kantor Bupati Pasbar. Massa yang terdiri dari kaum lelaki dan wanita itu hanya berkumpul saja di bawah pengawalan polisi. Kemudian tak lama, massa itu berlalu pergi pulang. Sejak pagi polisi dari gabungan tiga Polres (Polres Pasaman, Padang Pariaman, dan Pasbar) sudah bersiaga penuh disejumlah pintu jalan masuk ke kantor Bupati Pasbar dengan bersenjatakan laras panjang lengkap. Jalan utama menuju kantor bupati ditutup dengan garis polisi (police line). Suasananya sejak pagi memang terkesan mencekam dengan banyak polisi dari tiga

PT. ASIA ANDALAS WISATA Jl. Teradam No 25 A. Padang. email : asaitur. padang@yahoo.co.id Telp/faks : 0751-32393 Hp. 08126729260, 08126791114

Polres dan Polda bersenjatakan lengkap. Namun siang hari suasana kembali normal. Undangan bupati yang tengah melaksanakan pesta resepsi pernikahan salah seorang putranyapun mulai berdatangan. Kapolres Pasbar AKBP Prabowo Santoso S.IK., melalui Kabag Ops Kompol Erdiman, menyebutkan, dari Polres Pasbar sedikitnya 300 polisi dikerahkan, ditambah dari satu pasukan Polres Pasaman, Padang Pariaman. Polda Sumbar juga menurunkan mobil anti huru hara dan mobil water canon (AWC), yang standby di halaman kantor Bupati Pasaman Barat. Menurut Erdiman, surat pemberitahuan aksi demo yang dikirim kepolisi pada 1 Februari 2012 lalu, tentang unjukrasa dari masyarakat Tuah Basamo, dengan jumlah massa sekitar 10.000 orang. Unjuk rasa itu, mengusung tema mosi tak percaya kepada kepemimpinan Bupati Pasaman Barat, dan minta mundur dari jabatannya. Atas dasar itulah , sebut Erdiman, polisi mensiagakan pasukan pengamanan. Apalagi Bupati Pasbar sedang melaksanakn resepsi pernikahan putranya di kediaman bupati.

Way of Life!

Cuti - Cuti 2012 w 4 . oba 1 Saatnya ambil Cuti, bingung mau kemana? W r Ayo bersama Asiatur Se

Feb : 9, 16, 23 Mar : 8, 15, 29 Apr : 12,19, 26 May: 3, 10, 24 Jun : 7, 14, 21

Melayani Tour : Dalam Negeri & Luar Negeri, Paket Study Banding, Paket Meeting, Tiket Pesawat Dalam dan Luar Negeri, Hotel Voucher

Contact Person :

Yanti - 085216204647 Era - 085278157779

Hendri - 081374021970

30jt, nt s/d Discou 9% nga 3,9 gan/bu DP rin

DP

Jadwal Berangkat :

Umroh 2012 Rp. 15. juta 10 hari (quard)

“Sebagai petugas tentu siap siaga mengantisipasi kalau terjadi sesuatu yang tak diinginkan, dengan menurunkan ratusan personel. Apalagi kepala daerah sedang melaksanakan alek pernikahan putranya, dan wajib mengamankan,” katanya. Dijelaskan, koordinator unjuk rasa yang memberi surat pemberitahuan ke Polres Pasbar itu adalah Santos, Agus, Syafri. Atas pemberitahuan itu, kemudian polisi mengeluarkan surat tanda terima pemberitahuan (STTP) no STTP/ 03/II/2012/Intekam. Kemarin, Bupati H. Baharuddin melangsungkan resepsi pernikahan putranya H. Maidestal Hari Mahesa, dengan Riri SE. Resepsi pernikahan di kediaman rumah dinas bupati di Simpang Ampek Pasbar hingga selesai berjalan dengan sukses, lancar dan meriah. Suasananya ramai sekali. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno serta sejumlah pejabat teras Sumbar maupun kab/kota di Sumbar dan undangan lainnya tampak menghadiri pesta pernikahan putra Bupati H. Baharuddin R. Bupati H. Baharuddin R dan Ny Nina Baharuddin tampak bahagia melaksanakan pesta pernikahan putranya dimaksud. (h/ nir)

PT. ELANG PERKASA MOTOR : Jl. Khatib Sulaiman No.87 Padang Telp. (0751) 7051422, 7051423 Kantor Cabang : = PAYAKUMBUH : Jl. St. Usman No.14, Kampung Cina Telp. (0752) 91795 = DHARMASRAYA : Jl. Lintas Sumatera Koto Baru KM.218 Dharmasraya Telp. (0754) 71245 HARI MINGGU / LIBUR SHOWROOM TETAP BUKA

8jt-an


8 LUAR NEGERI

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

NOTES

Yasser Arafat PADA 3 Februari 1969 Yasser Arafat dilantik sebagai pemimpin PLO dalam Kongres Nasional Palestina di kota Kairo. Arafat bernama lengklap Mohammed Abdel Rahman Abdel Raouf Arafat al-Qudwa al-Husseini ; lahir di Kairo, Mesir, 24 Agustus 1929 – meninggal di Paris, Perancis, 11 November 2004 pada umur 75 tahun. Dia adalah pemimpin Palestina penerima Penghargaan Nobel. Ia semasa hidupnya pernah menjabat sebagai Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Presiden Otoritas Nasional Palestina (PNA), serta merupakan pemimpin partai politik Fatah yang ia dirikan pada tahun 1959. Arafat menghabiskan sebagian besar hidupnya memerangi Israel untuk memperjuangkan hak menentukan nasib sendiri bagi Palestina. Awalnya ia menentang keberadaan Israel, namun kemudian berubah pada tahun 1988 ketika ia menerima Resolusi Dewan Keamanan PBB 242. (wk)

LINGKAR

RUSUH SEPAKBOLA — Sedikitnya 74 suporter tewas dan sekitar 1.000 lebih luka-luka dalam sebuah pertandingan yang mempertemukan dua klub lokal, Al-Masry dengan Al-Ahly, di Port Said, Mesir, Kamis, 2 Februari 2012 WIB. Kerusuhan massal terjadi setelah pertandingan berakhir dengan kemenangan Al-Masry atas Al Ahli dengan skor 3-1. REUTERS

Bursa London Nyaris Dibom Teroris CUACA EKSTRIM

Maskapai AS PHK Ribuan Pegawai WASHINGTON, HALUAN — Perusahaan induk maskapai American Airlines yang tengah bangkrut, berencana memberlakukan pemutusan hubungan kerja massal. Korbannya adalah 13.000 pegawai dan tunjangan pensiun pun dihapuskan demi efisiensi perusahaan untuk kembali bersaing di bisnis jasa penerbangan. Menurut kantor berita Reuters, PHK massal ini diumumkan oleh eksekutif AMR, perusahaan yang berbasis di AS, Rabu waktu setempat. Dengan kebijakan drastis itu, AMR akan menghemat lebih dari US$2 miliar per tahun. “Seperti Anda tahu, para kompetitor utama kami telah menerapkan proses restrukturisasi untuk perubahan besar dan menjadi lebih kompetitif di setiap aspek bisnis mereka,” kata Kepala Eksekutif Korporat AMR, Tom Horton, dalam surat kepada para pegawai. Menurut dia, semua kelompok usaha AMR akan mengalami pengurangan anggaran 20 persen, termasuk di tim manajemen. Maskapai American Airlines November tahun lalu telah mengajukan perlindungan pailit ke pengadilan di New York. Salah satu maskapai besar di Amerika itu menderita kerugian US$10 miliar dalam satu dekade terakhir. AMR tampaknya mengikuti langkah para pesaingnya yang telah menerapkan penghematan dan restrukturisasi korporat. Tiga maskapai di AS, United Airlines, Delta Air Line, dan US Airways telah menerapkan merger dan perombakan struktur antara 2002 hingga 2010. Strategi itu membuat mereka kembali menangguk untung kendati harga minyak dunia tergolong tinggi, yaitu hampir US$100 per barel. Sebaliknya, American Airlines Desember lalu menderita kerugian US$900 juta.\”Faktanya, kita setiap hari kehilangan uang,” kata Jeff Brundage, Wakil Presiden American Airlines bidang personalia. (vvn)

Laut Hitam Membeku

Perkebunan Ganja Lima Lantai di New York NEW YORK, HALUAN — Kepolisian New York, AS, mengumumkan keberhasilannya membongkar sebuah pertanian ganja di bangunan lima lantai di Kota Bronx. Tiga orang yang diduga pemilik kebun ganja tersebut telah ditangkap dan tempat tersebut telah ditutup. “Diperkirakan kebun itu menghasilkan sekitar 50 hingga 60 pound atau 23 hingga 27 kilogram ganja per bulan yang diperkirakan bernilai sekitar 250.000 dollar AS. Diperkirakan sekitar 3 juta dollar AS berhasil diperoleh pada tahun lalu,” kata polisi seperti dilansir Reuters, Rabu.

Ketika para penyelidik memeriksa sebuah gedung di Kota Bronx, Selasa sore, mereka menemukan 593 batang tanaman. Beberapa di antaranya setinggi tujuh kaki atau sekitar 2,1 meter dan mariyuana kering dalam bungkusan seberat 75 pon atau setara 34 kilogram. Foto-foto yang dibeberkan polisi menampilkan ruang pengeringan, sistem filtrasi air dan udara, pipa ventilasi, dan lampu pemanas di dalam gedung tersebut. Tiga pria ditahan dengan tuduhan kepemilikan mariyuana dan penggunaan obat terlarang. (rtr)

BEOGRAD, HALUAN — Regu penyelamat harus mengevakuasi puluhan orang dari salju di desa di Serbia dan Bosnia, Rabu (1/2). Korban diterbangkan dengan helikopter dan disediakan makanan dan obat-obatan darurat di Eropa Timur. Korban yang tewas mencapai 79 orang dari seluruh wilayah. Para regu penyelamat bekerja saat suhu mencapai –32,5 derajat Celcius di beberapa daerah. Sebagian dari Laut Hitam membeku di dekat pantai Rumania dan salju turun di pulau-pulau Kroasia di Laut Adriatik. Di Bulgaria, 16 kota membukukan suhu terendah sejak 100 tahun yang lalu. Sementara di pusat Serbia, helikopter menolong 12 orang termasuk sembilan orang yang pergi ke pemakaman tetapi kemudian tidak bisa karena salju yang menggunung. Dua orang membeku di salju hingga tewas sementara dua lainnya hilang.”Situasi ini dramatis, ketinggian salju hingga lima meter di beberapa daerah, Anda hanya dapat melihat atap,” kata Dr Milorad Dramacanin, yang berpartisipasi dalam evakuasi helikopter. Salah satu pengungsi adalah seorang wanita tua yang kondisinya koma namun selamat setelah diterbangkan ke rumah sakit. Dua helikopter juga digunakan untuk menyelamatkan orang di desadesa terpencil di utara Bosnia.”Kami mencoba menerobos beberapa desa-desa kecil dan terdapat beberapa warga lanjut usia,” kata pejabat penyelamatan Bosnia, Milimir Doder. Beberapa desa tidak dialiri listrik selama dua hari dan kru mencoba untuk memperbaiki jaringan listrik tersebut. “Ketinggian salju sekitar dua meter tinggi dan telah kami bersihkan. Tapi jika ada lebih banyak salju datang, maka situasi semakin kritis.”kata Doder. Sementara, Ukraina melaporkan sebanyak 43 orang tewas dan sebagian besarnya adalah tunawisma. Kementerian Darurat Negara itu mengatakan 28 orang telah ditemukan tewas di jalanan, delapan meninggal di rumah sakit dan tujuh orang tewas di rumah mereka masingmasing. Lebih dari 720 lainnya dirawat di rumah sakit dengan gangguan hipotermia dan radang dingin. (rep)

LONDON, HALUAN-Empat pria Inggris keturunan Pakistan dan Bangladesh mengaku bersalah merencanakan serangan bom di London Stock Exchange. Pengakuan mereka terungkap di Pengadilan Woolwich, London, Rabu waktu setempat. Mohammed Chowdhury, Shah Rahman, Gurukanth Desai, dan Abdul Miah, mengaku merencanakan tindak terorisme dengan cara akan menempatkan bom rakitan di toilet bursa saham London pada Desember 2010. Keempatnya merupakan bagian dari sembilan orang yang menghadapi sidang di London dengan dakwaan merencanakan serangan di London Stock Exchange dan sejumlah sasaran terkenal lain. Tim penuntut Andrew Edis menerima argumen bahwa mereka belum berencana membunuh siapa pun. “Niat mereka adalah untuk menimbulkan teror dan menimbulkan kerugian ekonomi serta gangguan,” kata Edis. ‘’Namun dengan metode yang mereka, berarti ada risiko orang-orang akan terbunuh atau terluka,” tambahnya. Daftar Sasaran Jaksa penuntut mengatakan meski mereka bukan anggota jaringan al Qaida, mereka terinspirasi oleh jaringan teror itu dan khususnya terinspirasi oleh Anwar al Awlaqi, yang diduga menjadi pemimpin kelompok al Qaida di Yaman. Anwar al Awlaqi tewas pada September 2011, diduga akibat serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat. Keempatnya semula menyanggah dakwaan yang mereka hadapi, tetapi kemudian menyatakan bersalah dan juri pun dibubarkan. Mereka akan dijatuhi hukuman pekan depan. Mohammed Chowdhury (21 tahun) dan Shah Rahman (28 tahun) berasal dari London. Dua bersaudara Gurukanth Desai (30 tahun) dan Abdul Miah (25 tahun) berasal Cardiff, Wales. Ketika polisi menciduk mereka pada 20 Desember 2010, mereka mengatakan penangkapan tersebut merupakan penangkapan antiteror terbesar selama dua tahun terakhir. Polisi menyita tulisan tangan tentang daftar sasaran yang akan diserang, antara lain walikota London, dua pendeta agama Yahudi dan kedutaan besar Amerika Serikat di London. Di pengadilan terungkap bahwa Chowdhury dan Rahman, pada 28 November 2010 diketahui melakukan observasi di beberapa tempat terkenal, antara lain Big Ben, Westminster Abbey, dan London Eye. (kcm)


RIAU DAN KEPRI 9

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

Bea Cukai Tangkap Pasir Selundupan

Pelabuhan Tarempa Digenangi Air ANAMBAS, HALUAN — Kenyamanan calon penumpang Bukit Raya terganggu dengan beceknya pelabuhan Tarempa, Siantan, Anambas. Saat musim hujan, pelabuhan digenangi air karena jalan pelabuhan belum di Atap. Sementara itu penumpang yang turun dan naik mencapai ribuan orang. "Jalannya becek. Sekarang ini musim hujan. Jadi sering becek seperti ini. Air tergenang dimana-mana. Karena jalannya berlobang-lobang, makanya air hujan tak langsung mengalir kelaut. Tapi tergenang dulu di pelabuhan," tutur Rini salah seorang penumpang KM Bukit Raya di pelabuhan Tarempa. Kapal Bukit Raya dan Perintis merapat di pelabuhan Tarempa. Kapal merapat sekali dalam satu minggu. Jika pada Minggu kapal dari Tanjungpinang merapat di Tarempa. Maka hari Senin, kapal dari Ranai,Natuna akan merapat juga dengan tujuan Tanjungpinang. Satu pulang dan satu pergi. Namun sayangnya fasilitas pelabuhan belum sepenuhnya memadai. Dituturkan Rini, kondisi ini sangat menganggu penumpang dipelabuhan. Jika kapal merapat pada siang hari, kondisi jalan yang becek masih bisa dilihat. Tapi kalau kapal merapat pada malam hari. Maka kondisi akan berbeda. Jalan yang becek sulit dilihat dan seringkali ditempuh saja oleh penumpang. Kepala Pelaksana Harian, Syahbandar Tarempa, Darlis menyampaikan, pelabuhan yang masih becek dan berlobang. Dasril mengakui kerusakan pada jalan dan banyaknya lobanglobang. Hal ini menganggu kenyamanan penumpang. Namun kerusakan ini tak dapat dipungkiri karena pelabuhan Tarempa merupakan pelabuhan multifungsi. Bukanhanya penumpang, tapi juga barang dan alat-alat berat yang melalui. Rencananya tahun ini perbaikan prasarana pelabuhan dapat selesai. (yul)

KARIMUN, HALUAN — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau berhasil menggagalkan penyelundupan 5000 metric ton pasir darat

BANJIR -- Banjir yang mengenagi Jalan Pemuda Tanjungpinang kembali terjadi akibat drainase yang kecil dan tersumbat sampah, Kamis (2/2). Pengusaha di sekitar jalan tersebut mengeluh dengan seringnya banjir yang terjadi. (FOTO/HALUAN KEPRI-SUTANA)

GRSM Sampaikan Lima Tuntutan SIAK, HALUAN — Gerakan Rakyat Siak Menuntut (GR SM) bersama Gerakan Mahasiswa Peduli Kabupaten Siak (GMPKS), kembali menggelar aksi keempat kalinya di Kota Siak, Kamis (2/2). Dalam aksi kali ini, mereka menyampaikan lima tuntutan. Dari hasil pantauan Haluan Riau di lapangan, aksi yang diikuti lebih kurang 80 orang, yang terdiri dari berbagai elemen tersebut, memulai aksinya dengan berkumpul di Bundaran Tanjung Agung, lalu mereka melakukan long march ke pusat pemerintahan Kabupaten Siak, yang terdapat di komplek perkantoran Tanjung Agung.

Tepat di depan pintu masuk kantor Bupati Siak, massa dihadang oleh petugas dari Satpol PP. Di depan pagar betis petugas, masa membentuk barisan menyampaikan orasi, yang silih berganti mereka lakukan. Dalam orasi tersebut mereka sampaikan apa yang menjadi tuntutan mereka. Ada lima tuntutan tertuang dalam sebuah spanduk besar yang terdapat didepan barisan massa aksi. Pertama mereka menuntut Direktur PT Bumi Siak Pusako (BSP) Jusmadi Jusuf diberhentikan dari jabatannya, kedua menuntut percepat Rapat Umum

Pemegang Saham (RUPS) luar biasa untuk berhentikan Jusmadi Jusuf. Ketiga, masa jabatan Jusmadi Jusuf selaku Direktur PT. BSP sudah berkahir, keempat, evaluasi struktural PT. BSP-BOB secepatnya, selanjutnya menuntut PT. BSP mengutamakan tenaga kerja lokal dan kaderisasi putra daerah di dunia perminyakan. Koordinator lapangan, Salman Alfarisi dalam orasinya mengatakan, mereka kecewa dengan Bupati Siak, karena dari empat aksi yang mereka lakukan, tidak pernah disambut oleh Bupati. Apa yang

PT. WISATA AL-MABRUR USMANIAH TOURS & TRAVEL HAJI KHUSUS

(ONH PLUS & UMROH)

mereka sampaikan selama ini, hanya diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan Wakil Bupati Siak. "Kami tidak mau jawaban akan disampaikan ke Bupati dan akan dievaluasi, kami ingin jawaban dari Bupati Siak secara langsung, siap untuk memberhentikan Jusmadi Jusuf dari jabatannya," teriaknya yang disambut riuh massa. Sudah tidak ada waktu lagi untuk mengevaluasi dan untuk menindaklanjuti, lanjut Salman, karena permasalahan yang ada sudah lama mereka lontarkan. Tindakan nyata yang harus dilakukan oleh

Paket 9 Hari Rp. 16.250.000,1 April s/d 9 April (9 hari)

KHUSUS

Paket 13 Hari Rp. 17.500.000,15 April s/d 27 April (13 hari)

*Pemberangkatan Tidak ada biaya tambahan

O

Hotel Makah : Al Aulia *3 Madinah : Dallah Taibah *4

Umroh 2012 & Haji Plus 2013 / 2014 Paket 9 Hari Paket 14 Hari Paket 20 Hari

Ha

Plus 20 rga Haji

Apartemen dekat Mesjid Madinah Dallah Taiba *4

lam & L

r Neger i

ket Tour Pa

Da

Pengurusan Penempatan Pra-kirim Suite Dalam & Luar Negeri

(Tarif Depag RI)

Rp.9 Jt

Penginapan Transit Even Organizer Seminar & Diklat

Komp. Gando Permata Cendana Mata Air Blok F No. 04 Padang (Depan Lapangan Voly) Gando Permata Telp. (0751) 765601 HP. (0751) 8212111, HP. 081266015111

S

3

1. Perekat bata ringan 2. Acian / skin coat 3. Perekat keramik dinding & lantai 4. Floor hordener / pengeras lantai 5. Grouting 6. Smart grout / tepung nat keramik

AYO BURUAN!!!

Hub : CV. BUDDY SUMUR BOR

Jaya Mandiri Jl. Pondok No. 90 E (Samping Panin Bank) Telp. 0751 - 35212 / 32402

SOLUSI PINTAR UNTUK BANGUNAN ANDA!!

Smart

Rp. 20.000,- / terbit =

Swift SX4 Vitara

DP 2,5jt-an DP 6jt-an DP 6jt-an DP 7jt-an

DP 8jt-an DP 9jt-an DP 18jt-an

Proses cepat, data bisa dijemput menerima tukar tambah

RIZALUL FIQRI,S.Psi

081363001111

= OTOMOTIF

= ELEKTRONIK

Fax 0751.444910, Hp : 0811662400 (UMRAH) / 081363304343 (TOUR)

= ALAT KOMUNIKASI

Pasang Iklan Anda disini ...

= FASHION

KOMPLEK BANDARA TABING, JL. HAMKA PADANG Telp. (0751) 4488700 - 703, Fax. (0751) 4488704 Email Divisi Iklan : iklan_haluan@yahoo.com

= BIRO JASA = RUPA RUPA

ATAKA Express

=

DIJUAL : SHM, Luas 7.000m2, Lokasi Gurun Laweh Kalumbuk Kec. Nanggalo. ada Rumah & Durian Unggul Nasional. Hub : HP. 08126708098

COURIER & CARGO SERVICE

DIJUAL Tanah : 1 (satu) kapling tanah luas 250M2, SHM, Lokasi Jl. Inanta belakang RS. Ibnu Sina Gunung Pangilun Padang. Hub : 08126775911

BUKITTINGGI: Bangunan Jl. A. Yani Lokasi strategis, Lt. 337m2 cocok untuk penginapan, Bank, ruko. Hubungi 0818-18-5678

Jl. Teknologi Raya No. 104, Siteba Padang, Telp. (0751) 7871716, HP. 081374001716, FAX. (0751) 7056964

PENGIRIMAN DOKUMEN, PAKET & CARGO (Melayani Lokal & Dpmestik ke Seluruh Wilayah Nusantara) Catt : Jemput Antar Alamat JASA PINDAH RUMAH/KOST, PINDAH KANTOR/TOKO/BARANG (Dalam / Luar Kota di Nusantara) EKSPEDISI (PENGANGKUTAN BARANG) Sumatera-Jawa/Nusantara PENGEPAKAN (PACKING) & PENYEDIA ARMADA ANGKUTAN (TRUCKING) AKTIS MURAH, PR AT CITY COURIER (Pengiriman Dalam Kota; Paket & Dokumen, Billing Statement, AHAB Kartu Kredit, Brosur, Undangan, dll. DAN BERS Cabang/Outlet ZATAKA : PADANG, Cengkeh : (0751) 775824, Simp. Tinju Lapai : (0751) 7809336, HP. 081320551548 DUKU : (0751) 484169, HP 081374883322, BUKITTINGGI : (0752) 7001516, HP. 081363573535, SOLOK : (0755) 22050, HP. 085274022811, PAINAN : (0756) 22473, HP. 08126745508, MUARO Sjj : (0754) 20250, HP.081374632998, MUARA LABUH : (0755) 70592, HP. 081363814593, Simp. Empat Pasaman : HP. 085263008432, 081363321678, Pulau Punjung : (0754) 40042, HP. 081374044040, Jambi : (0741) 21545, HP. 081927513593, Sungai Penuh : (0748) 323725, JAKARTA : (021) 8608003, 93443910, HP. 0811868308, Pekanbaru : (0761) 5522788, 085271945100 dan Agen/Outlet kami di kota anda

Otomotif =

DIJUAL Tanah : 1 (satu) Bidang Tanah Luas 1.000M2 di Jalan By Pass (depan Teh Sosro) Hubungi : Hp.0811660494

Lebih Cepat Lebih Baik

KOMPLEK BANDARA TABING, JL. HAMKA PADANG Telp. (0751) 4488700 - 703, Fax. (0751) 4488704 Email Divisi Iklan : iklan_haluan@yahoo.com =

DIJUAL : Tanah dan rumah permanen. Luas tanah 1.361m2, lokasi Kamalakang Desa Nan IV Pagaruyung Tj. Emas, Batusangkar. Hubungi : HP. 085272496963

YAYASAN BHINEKA TUNGGAL IKA SUMATERA BARAT

STIE PERDAGANGAN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PERDAGANGAN TERAKREDITASI BAN-PT NOMOR : 001/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008

MENERIMA MAHASISWA BARU MAHASISWA TRANSFER TAHUN AKADEMIK 2012/2013

S

YARAT PENDAFTARAN 1. Lulusan SMU/SMK/Mahasiswa Transfer 2. Mengisi formulis pendaftaran 3. Foto Copy STTB/NEM/Ijazah terakhir masing-masing rangkap 2 4. Pas photo 2x3 = 2 bh dan 3x4 = 2 bh 5. Membayar biaya pendaftaran

BAGI MAHASISWA YANG TIDAK MAMPU DAN MAHASISWA YANG BERPRESTASI

DIGRATISKAN!! BIAYA SPP DAN PEMBANGUNAN HANYA MEMBAYAR BIAYA ADMINISTRASI SEBESAR Rp.150.000,TEMPAT PENDAFTARAN :

KAMPUS STIE PERDAGANGAN Jl. Prof. Dr. Hamka No. 252 Tabing - Padang Telp. 7055935 (Surti/Afdal) e-mail : stiep@padang.wasantara.net.id

H. DARMON

Pasang Iklan Anda disini ... HARGA REALISTIS

T89 GSM - GSM

Rp. 399.000,-

Elang Perkasa Motor Discount s/d 30jt, DP ringan/bunga 3,99%

Jl. Raden Saleh No.52 Padang, Telp. 0751-443688/443906.

= KOMPUTER

=

Hubungi :

Iklan Baris

Pick Up Karimun Splash APV

PT. Fahmi Tour/ Zulindo Tour

= INFO BISNIS

TECHNOLOGY

Syarat ketentuan berlaku

= PROPERTI

Iklan Baris Rp. 20.000,- / terbit

DRY MORTAR

Rp.6 Jt

Kalau bisa pakai PVC, Ngapain pakai besi Atau Rp. 1,5 Jt per batang (Pipa Gyp)

Soraya Ajyad Hotel *3/ setaraf (Makkah)

PAKET TOUR 4 Hari /3 Malam : KLumpur/Singapore/Batam mulai Rp. 2.900.000 KLumpur/Bangkok/Pattaya mulai Rp. 3.900.000

Diva Ikhlas Building, Minangkabau International Airport 09 Bt. Anai Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat Indonesia 22255 Phone +62751819137 - Facmile +62751819146 Mobile +6281363774678 - email : darmawi_marwan@yahoo.co.id

Smart Rp.13 Jt

HOTEL

HUBUNGI:

0813 7444 2868 0812 2661 2443 0812 6752 7251

Sekarang paket air bersih ada pilihan

Rp. 28.000.000

"Menerima Pendaftaran Haji Khusus" Djauharat Alfairuz *4/setaraf (Madinah) Harga USD 7.000 Grand Zam-Zam *4 / setaraf ( Makkah )

Contact Person :

CV. BUDDY SUMUR BOR

RI

"Umrah 1 Bulan Ramadhan 2012 Harga Mulai

ua

Full Ramadhan 31 Hari Rp. 29.225.000,-

AGAMA

Bersama Saudi Arabia Airlines

USD $.7.250,mistik o D ya ia +B

Zam-zam Tower *3 Dallah Taibah *4

KHUSUS

DEPARTEMEN

"Umrah Regular 5 April 2012 (12 Hari Perjalanan)" "Umrah Regular 21 April 2012 (10 Hari Perjalanan)"

13/2014

Hotel

Paket 15 Hari VIP Rp. 21.500.000,13 Maret s/d 27 Maret (15 hari)

IZIN

&

Harga sesuai dengan hotel pilihan Anda

REGULER

dokumen. "Kami hanya menindak pelanggaran utamanya saja yakni soal muatan yang tidak dilengkapi dokumen kepabeanan. Atas pelanggaran itu, maka Hn dikenakan Pasal 102A UU No17/2006 tentang Perubahan atas UU No10/ 1995 tentang Kepabeanan, yaitu melakukan kegiatan ekspor tanpa pemberitahuan kepabeanan," ujar Budi. Sementara, Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi M Rofiq menambahkan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui perusahaan yang melakukan penyelundupan pasir darat dari Bintan ke Singapura tersebut karena perusahaan itu berada di Singapura. "Apa perusahaannya masih dalam pengembangan kami," jelas Rofiq. Menurut Penjelas Rofiq, sebenarnya kronologis penangkapan itu berawal dari informasi yang diterima Kasi Penindakan dan Penegahan yang kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan pengintaian di sekitar perairan Karang Galang, Bintan. Saat ditangkap, haluan tugboat berikut tongkang mengarah ke Singapura. Petugas patroli berhasil melakukan pencegatan saat kapal hendak memasuki perairan internasional. Kedua kapal ditarik ke Karimun setelah nakhoda gagal memperlihatkan dokumen pelindung muatan. "Berdasarkan keterangan nakhoda, pasir yang hendak diselundupkan itu berasal dari Kijang, Pulau Bintan, namun mereka mengaku tidak mengetahui lokasi penambangan pasir tersebut. (ham)

HAJI KHUSUS & UMRAH

DIVA IKHLAS ur Service To er iz an rg

IKHLAS

Kami juga menerima

KHUSUS

pihak pemerintah Kabupaten Siak, sebagai pemegang saham, perusahaan penghasil minyak dan gas tersebut. Tambah Salman, aksi yang dilakukan tersebut merupakan kesadaran dari individu yang membentuk barisan dalam GRSM. Tidak ada pihak yang menunggangi dan mendanai, padahal menurutnya, sangat mudah untuk mendapatkan dana yang besar untuk mendanai aksi. Silih berganti orasi mereka lakukan, akhirnya massa ditemui oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Amzar, yang didampingi oleh Assisten I Bupati Siak, Sadikin. (Jai)

Pasir senilai Rp1 miliar tersebut dibawa tongkang BG Victory 19 dan ditarik menggunakan kapal tugboat Sea Glory 8 GT 167 berbendera Singapura dari Kijang, Bintan, hendak diselundupkan ke Singapura. Selain menangkap barang bukti 5000 metric ton pasir darat di sekitar Pelabuhan Ketapang Kanwil DJBC Khusus Kepri, pihak Bea Cukai juga telah menetapkan Hn, nakhoda kapal tugboat Sea Glory 8 tersebut sebagai tersangka. Sementara, enam anak buah kapal (ABK) hanya ditetapkan sebagai saksi. Kepala Bidang Penyidikan Kanwil DJBC Khusus Kepri, Budi Santoso saat memberikan keterangan pers, Kamis (2/2) diatas kapal tongkang BG Victory 19 yang disandarkan di sekitar Pelabuhan Ketapang mengatakan, saat ini pihaknya baru menetapkan satu orang tersangka, yakni Hn selaku nakhoda kapal. Menurut keterangan Budi, Hn beserta enam ABK-nya diamankan kapal patroli BC9004 ketika tugboat yang dinakhodainya sedang menarik tongkang BG Victory 19 GT 1829 yang penuh muatan pasir, Jumat (6/1) pukul 05.00 WIB di perairan Nongsa, Batam pada koordinat 01 derajat 13' 200" lintang utara dan 104 derajat 06' 800" bujur timur. Dijelaskan, tindak pelanggaran yang dilakukan kapal tugboat tersebut adalah melakukan pelayaran tanpa dilengkapi surat pelayaran (clearance). Selain itu, kapal tersebut juga tidak dilengkapi

# GSM 900/1800/1900 # CDMA 800 MHz # SMS/MMS # Bluetooth # MP3/MP4 Player # Kamera # Qwerty Key Pad # Trackpad # FM Radio

GraPARIkios PAYAKUMBUH Telp. 0752796222 JL. S. PARMAN NO. 150a ULAK KARANG PADANG Telp. 07517820666

AKT Leveransir

Produksi & Menjual :

- Paving Block ( K 125 - 300) (Bermacam) Model - Hollow Brick Press, Canstin - Bata Press, Biasa

- Pasir, Sirtukil - Tanah Timbunan - Mesin Hidrolik Press - Cetakan Paving Block

Untuk Pemesanan Hubungi :

H. DARMON 08126712037 082174315079

Mutu Terjamin & Harga Bersahabat Dibuat oleh Tenaga Ahli & Profesional

Lokasi : 300 M dari Tugu Ikan Simp. Lubuk Alung arah Pariaman


10 SIGAB

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

DKP DAN DPKA HARUS BEGERAK CEPAT

Waspadai Pohon Bertumbangan PADANG, HALUAN-Warga kota Padang masih berada dalam ancaman bahaya pohon bertumbangan, terutama saat angin berhembus kencang. Dinas berkompeten diharapkan segera melakukan antisipasi dini, sebelum korban berjatuhan. Kalangan anggota DPRD Kota Padang mengharapkan, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Kota Padang melakukan pendataan dan evaluasi terhadap pohon-pohon besar dan billboard disepanjang jalan. Pasalnya, akan membaha-

yakan bagi masyarakat jika terjadi badai. “Kami mengharapkan DKP dan DPKA, melakukan pendataan terhadap pohon besar dan billboard yang membahayakan disepanjang jalan umum. Bahkan, jika perlu bagi pohon yang sudah tua dan membahayakan segera ditebang dan diremajakan kem-

bali dengan pohon yang baru,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Padang Budiman kepada Haluan, Kamis (2/2). Sebab, pohon-pohon besar yang ada disepanjang jalan umum Kota Padang saat ini sudah banyak yang tua-tua dan kalau sudah tua akan roboh dengan sendirinya. Apalagi, kalau tanahnya sudah banyak yang lunak. Akibatnya, jika hujan badai maka pohon-pohon tersebut akan roboh sehingga menimbulkan korban jiwa. Sedangkan, mengenai billboard yang membahayakan khususnya dikawasan jalan umum hendaknya dipindahkan lokasinya yang dianggap aman. Karena, kalau tidak

disikapi segera akan menimbulkan korban jiwa. Sementara itu Anggota Komisi II DPRD Kota Padang Paula Lindawati mengatakan, DKP harus pro aktif untuk menuntaskan persoalan pohonpohon besar yang bisa membahayakan masyarakat saat membawa kendaraan. “Jika perlu, bagi pohonpohon yang sudah tidak produktif segera ditebang dan ganti dengan yang baru yang lebih kuat dan indah,” kata kader democrat ini. Mengenai billboard, hendaknya ditata kembali mana yang membahayakan jauhkan dari kawasan umum pindahkan ke lokasi yang dianggap aman.(h/ade)

SMK NEGERI 5 PADANG

Bangun Gedung Penyangga Bencana PADANG, HALUAN – Dalam usaha menambah kapasitas shelter siaga bencana di kota Padang, SMK Negeri 5 Padang membangun gedung penyangga bencana yang nantinya akan berguna sebagai tempat pengungsian dan dapur umum. Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah SP meletakkan batu pertama bangunan gedung penyengga bencana itu, Kamis (2/2). “Pemerintah sangat memberikan perhatian khusus kepada pihak-pihak yang ingin membangun shelter siaga bencana yang akan berfungsi untuk umum seandainya bencana benar-benar terjadi dalam skala yang besar ,”kata Mahyeldi saat diwawancarai oleh Haluan.

Ia menambahkan bahwa dalam program pemerintah memang sedang digalakkan pembangunan shelter, karena seperti yang kita ketahui banyak berita dan info di pesisir pantai Sumbar sangat rentan dengan bencana, seperti kemungkinan gempa yang berpotensi tsunami. “Pembangunan shelter ini pasti akan sangat membantu dan diharapkan bisa menjadi contoh kepada banyak orang agar punya kesadaran pula untuk membangun bangunan yang berfungsi sebagai shelter seperti SMKN 5 padang ini,” katanya Ditempat yang sama, Waka Humas SMKN 5 Padang, Drs. Udria Novel mengatakan, Pembangunan gedung penyangga bencana ini dipergunakan secara dwifungsi yaitu sebagai aktivitas

akademik dan tempat pengungsian jika terjadi bencana. Dikatakannya, bangunan yang terdiri dari empat ruang yang berfungsi sebagai tempat alat-alat praktek siswa SMKN 5 Padang. Namun apabila terjadi bencana, bangunan ini akan dialihkan menjadi tempat pengungsian dan dapur umum. “Bangunan ini sudah di desaign yang dapat difungsikan sebagai tempat praktek siswa dan barak pengungsi,”katanya. “Bangunan direncanakan terdiri dari empat ruang yang dua ruang berfungsi sebagai tempat penampungan pengungsi, tempat pemeriksaan kesehatan, tempat sanitasi dan dapur umum,”kata Udria. (h/ang)

MASIH BUTUH 20 MENIT

Evakuasi Korban Ledakan Tambang

EVAKUASI korban ledakan tambang, yang dilakukan tim penyelamat tambang, dalam simulasi ledakan tambang, yang digelar di Perambahan Sawahlunto, Rabu (1/2). FADILLA JUSMAN SAWAHLUNTO, HALUAN — Tim penyelamat tambang Kota Sawahlunto akhirnya mendapatkan perkiraan waktu evakuasi korban kecelakaan ledakan tambang bawah tanah, setelah melakukan simulasi kecelakaan ledakan tambang. Setidaknya dibutuhkan 20 menit waktu evakuasi dari dalam lubang tambang. Sedangkan untuk mencapai kawasan tambang, para tim yang terdiri dari medis, tim penyelamat dan pihak keamanan dibutuhkan waktu sekitar 41 menit. Waktu tersebut, dinilai sudah mendekati kondisi pelaksanaan sebenarnya.”Rata-rata 41 menit semenjak peristiwa kecelakaan tambang dilaporkan ke pihak terkait, tim penyelamat sudah dapat

menjangkau lokasi kecelakaan,” ujar Inspektur Tambang Kota Sawahlunto, Ir. Syafriwal kepada Haluan, usai pelaksanaan simulasi ledakan tambang, di Perambahan Sawahlunto, Rabu (1/2). Sedangkan untuk persiapan dan pelaksanaan evakuasi korban dari dalam lubang tambang ke luar lubang tambang, setidaknya dibutuhkan waktu minimal 20 menit. Selanjutnya, untuk mencapai rumah sakit, setidaknya kembali dibutuhkan waktu minimal 41 menit. Setelah terbentuk semenjak satu tahun silam, kini tim penyelamat tambang Kota Sawahlunto, yang terdiri dari 18 anggota itu, telah melakukan praktek langsung berupa simulasi kecelakaan tambang, yang dilaksanakan langsung di kawasan tambang. Bahkan, kini tim

penyelamat juga memiliki ukuran waktu pelaksanaan evakuasi, mulai dari persiapan, kecepatan menjangkau lokasi kecelakaan, hingga proses evakuasi korban menuju rumah sakit. “Selama ini, tim penyelamat masih melakukan teori dan praktek dalam kelas. Ini untuk pertama kalinya dilakukan praktek penyelamatan ledakan tambang langsung di kawasan tambang,” terang Syafriwal. Jamsostek Prioritas Selain dari sisi keselamatan dan kesehatan kerja, perlindungan akan jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) juga menjadi prioritas. Saat ini, seluruh karyawan tetap dari 14 perusahaan tambang yang memiliki kuasa pertambangan di Kota Sawahlunto, sudah diberikan perlindungan Jamsostek. Tidak hanya karyawan tetap, penerapan

perlindungan jamsostek malah diutamakan untuk karyawan harian. Perusahaan tambang CV. Bara Mitra Kencana misalnya. Perusahaan yang berada di bawah pimpinan Jhon Reflita itu lebih mendahulukan pemberian jamsostek kepada karyawan harian. Karyawan harian dinilai memiliki resiko pekerjaan yang sangat tinggi. Sebab, rata-ratya pekerja lubang merupakan karyawan harian, yang terkadang suka berpindah-pindah dalam bekerja. “Kami mewajibkan perlindungan jamsostek dulu bagi karyawan harian. Jika tidak, karyawan harian tidak dapat bekerja di perusahaan kami. Sebab, resiko yang akan dihadapi karyawan harian terbilang sangat besar dari pekerja lainnya,” tambah Jhon. Sementara itu, Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Perindagkop Naker Kota Sawahlunto, Mega Diani mengatakan, pihak secara berkala mengingatkan perusahaan yang ada, untuk memberikan perlindungan jamsostek bagi para tenaga kerja. Dari data yang dimiliki, Mega mengatakan, tercatat seluruh karyawan tetap perusahaan tambang, telah memberikan perlindungan jamsostek. “Bahkan, untuk karyawan harian juga ada sebagian besar perusahaan tambang yang mewajibkan. Namun, juga ada yang terkendala dengan sering berpindahnya karyawan dari satu perusahaan ke perusahaan, yang membuat sulitnya pemberian perlindungan jamsostek,” tambah Mega.(h/dil)

BANGUN SHELTER — Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah SP. melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung penyangga bencana di SMK 5 Padang, Kamis (2/2).


11

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

KASUS KORUPSI BRRN

Dua Petani Dituntut Dua Tahun Penjara PADANG, HALUAN — Arizon dan Syafri, dua petani asal Air Dingin Alahan Panjang hanya bisa tertunduk ketika dirinya dituntut dua tahun penjara akibat dugaan korupsi yang telah mereka lakukan terkait Bantuan Rehab Rekon Nagari (BRRN) untuk musibah galodo di Nagari Aie Dingin, Kabupaten Solok tahun 2008 lalu. Tersangka kasus dugaan korupsi yang setiap kali sidang menggunakan sandal jepit ini, dituntut masingmasing dua tahun penjara. Selain itu keduanya juga dikenakan pidana denda masing-masing Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan. Para terdakwa juga diwajibkan membayarkan uang pengganti masingmasing sebesar Rp259,7 juta atau lima bulan kurungan. Tuntutan itu dibacakan Jaksa Penunt Umum (JPU), Afliandi di Pengadilan Tipikor Padang, Kamis (2/2) di hadapan majelis hakim Budi Susilo beserta anggota hakim adhoc Zaleka dan Perry Desmarera. Seperti dikatakan JPU, Afliandi, kedua terdakwa yang tidak tamat SD ini, terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan melanggar Pasal Pasal Pasal 3 jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b ayat (2) ayat (3) UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan

Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001. Alfiandi mengatakan, JPU telah mempertimbangkan beberapa hal. Hal yang memberatkan, karena perbuatan terdakwa secara nyata tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Selain itu akibat perbuatan terdakwa para korban galodo tidak bisa menikmati bantuan rumah. Sedangkan hal meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, sopan selama persidangan, dan mengakui perbuatannya serta memiliki tanggungan 10 orang anak. Atas tuntutan itu, kedua terdakwa menyatakan akan menyampaikan pembelaan pribadinya pada sidang Kamis (9/2) depan. Berita sebelumnya, terdakwa diduga telah lalai, dalam tugasnya karena telah menggunakan bantuan untuk kepentingan lain. Berdasarkan perhitungan volume dan biaya yang dilakukan oleh tim yang dibentuk pemerintah, para terdakwa hanya melakukan pembelian dan pembayaran alat bangunan sebesar Rp143 juta. Akibatnya negara menderita kerugian sebesar Rp509 juta. Bantuan ini diberikan untuk membantu proses rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga yang

rusak akibat longsor tahun 2006 lalu di Sarasah Jorong Koto Baru, Nagari Air Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Sebanyak 16 rumah rusak akibat bencana longsor tersebut. Selain itu juga merusakkan satu unit masjid serta menimbulkan korban jiwa 18 orang. Guna menyikapi kejadian itu, pada tanggal 5 Juli 2007 Bupati Solok mengeluarkan surat keputusan Nomor : 392/BUP-2007 tentang penetapan 65 kepala keluarga (KK) penerima bantuan berupa bahan bangunan rumah (BBR) dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumbar. Nilai bantuan untuk masing-masing KK sebesar Rp10 juta. Dengan total bantuan keseluruhan mencapai Rp650 juta, yang bersumber dari pos dana bantuan bencana alam Dinsos Sumbar tahun anggaran 2007. Pada 16 November 2007 dibentuk BRRN. Arizon ditunjuk sebagai bendahara dan Syafri ketua pelaksana lapangan. Tugas BRRN menghimpun dan mengelola dana bantuan dan melaksanakan program yang telah dirancang bupati dan membuat laporan pertanggungjawaban. Namun para terdakwa tidak melaksanakan fungsinya. (h/dla)

Isinya tebal, kekuning kuningan. Durian enak disandingkan dengan ketan atau lamang bakujuik. Nama Durian Gunung Rajo sering pula dicatut pedagang untuk melariskan jualan durian asal daerah lain. Terkadang sebutannya sedikit dipesetetkan: Durian Gunung Ajo. Batang durian di nagari Gunung Rajo dan sekitarnya cukup banyak. Hampir semua penduduk di sana memiliki batang durian. Durian berbuah secara musiman. Sejak beberapa waktu belakangan, pohon durian mulai berkurang akibat banyak ditebang untuk bahan bangunan. Sementara peremajaannya belum maksimal Gunung Rajo Batipuh kini sedang banjir durian. Namanya musim gadang. Artinya sedang panen besar. Rata-rata setiap batang/pohon di musim gadang ini berbuah. Ribuan durian matang dari Gunung Rajo sekitarnya kebanyakan di pasarkan ke Kota Padang Panjang. Setiap hari mobil beserta ojek membawa durian ke Pasar Padang Panjang. Pedagang menjualnya di emper-emper toko dan jalan-jalan di pusat pasar Padang Panjang. Di samping itu ada juga pedagang dari kota kota di Sumbar, Riau, dan Jambi serta Palembang datang langsung membeli durian ke Gunung Rajo. Hampir setiap rumah kini memiliki durian dan memajangkannya di halaman-halaman rumah dan di pondok pondok durian di pinggir jalan di Gunung Rajo dan

sekitarnya Harga durian sangat bervariasi dan tergantung asal asul durian itu sendiri. Ada namanya durian jantuang, buahnya sedikit lonjong seperti jantung pisang, durian kambuik dan durian dasun. Ada juga namanya durian cik kudo. Durian ini isinya tipis dan banyak biji di dalamnya. Kalau yang enak biasanya durian tekong tupai. Durian ini sebahagian sudah dimakan tupai, sisa tekong tupai itu rasa lebih enak. Sebab tupai pintar memilih yang enak sebelum di tekongnya. Satu keistimewaan durian Gunung Rajo matangnya sempurna bukan matang dengan karbit Bila dicoba menghitung-hitung, jika sehari panen 5.000 buah durian saja dikalikan harga rata rata Rp10 ribu, maka hasilnya Rp50 juta sehari. Dan jika panen sebulan 30 hari X Rp50 juta, maka panen durian semusim akan menghasilkan lebih Rp1,5 miliar. Di Gunung Rajo sendiri kualitas dan rasa durian itu tidak sama. Walaupun sama sama durian Gunung Rajo tapi rasa, ketebalan isinya berbeda beda. Rahasia itu yang banyak tahu hanya masyarakat disana dan pedagang yang sudah biasa Justru itu, datang langsung membeli ke rumpun durian belum tentu harganya akan lebih murah. Bahkan mungkin lebih murah jika dibeli di pasar Padang Panjang. Sebab harga tergantung jenis durian yang hendak dibeli

Musim gadang durian di Gunung Rajo juga membawa berkah bagi masyarakat. Hasil penjualan durian dapat dimafaatkan untuk membiayai kehidupan sehari hari, anak sekolah dan ada juga yang membeli sepeda motor baru. “Alhamdulillah, hasil penjualan durian lumayan untuk menghidupi keluarga dan biaya anak sekolah, dengan hasil jualan durian, saya sudah bisa memasukkan listrik kerumah kami,” kata Mak Yaih. Tak hanya itu, di musim gadang ini juga muncul toke-toke durian. Mereka mencari durian ke rumpunnya, mengumpulkan dan menjualnya lagi kepada toke toke lain. Penjualannya dengan sistem buah dan ada pula melalui sistem balacuik. Artinya borongan gadang ketek elok buruak, mudo masak masuak. Durian rasanya sangat manis. Bagi penderita diabetes sebaiknya mempertimbangkan untuk memakannya. Tidak usah terlalu banyak. Makan durian juga dapat menimbulkan sindao durian yang baunya kurang sedap. Apalagi di ruang tertutup atau AC, baunya semakin kental. Bisa bisa menyebabkan rasa muntah. Makanya maskapai penerbangan melarang penumpang membawa durian. Durian juga dapat dijadikan asam durian gunanya untuk mencampur cabai untuk digoreng. Namanya sambalado durian. Cobalah rasanya akan membuka selera makan. (Laporan Iwan Dn Dt Simarajo)

Minat Kerja ................... Dari Halaman. 1 Meski demikian, sejumlah program pelatihan yang dibuka cukup diminati masyarakat seperti bidang kelistrikan, las, otomotif, teknisi AC, komputer serta menjahit. Selepas pelatihan, para peserta umumnya mendirikan usaha mandiri atau bekerja pada pihak lain. Tetapi tidak banyak yang menangkap peluang kerja di luar negeri. Padahal peluang kerja yang ditawarkan itu semuanya adalah pekerjaan formal, memiliki kontrak

kerja dan gaji yang jelas. Namun pendapat keliru yang berkembang pasca banyaknya kasus tenaga kerja yang dideportasi ke tanah air atau yang disiksa majikan, membuat mereka kecut. “Mereka takut ke luar negeri, takut ditangkap dan dipulangkan lagi atau takut disiksa majikan. Padahal itu pendapat keliru. Mereka yang dipulangkan itu karena berangkat tidak memiliki dokumen lengkap. Begitu pula mereka yang

disiksa majikan adalah kategori Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT),” katanya. Padahal, Sumbar tidak pernah mengirimkan tenaga kerja untuk sektor PLRT ini. Mereka bekerja di luar negeri dengan job description yang jelas dan dilengkapi dengan dokumen yang juga lengkap. Karena itu selagi syarat formal bekerja dipenuhi, diyakini tidak akan bermasalah dengan pekerjaan. (h/vie)

Penambang Emas............. Dari Halaman. 1 Informasi yang dihimpun Haluan, saat kejadian itu korban sedang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di atas kapal tambang emas milik Rusman. Kapal yang bersandar di Batang Kuantan, Silokek, Nagari Durian Gadang, Kabupaten Sijunjung itu akhirnya membawa petaka bagi dirinya. Jasad korban baru dapat dievakusi sekitar satu jam setelah kejadian dan langsung dibawa oleh rekanrekannya ke Puskesmas Gambok. Setelah divisum jasad korban langsung dirembukkan pihak keluarga untuk segera dimakamkan. Ada yang minta korban dibawa ke kampung halamannya, ada juga

yang minta korban dimakamkan di daerah ini karena masih ada kakak-kakaknya yang tinggal di daerah ini. Lima rekan korban yang bekerja saat kejadian terlihat sangat terpukul atas peristiwa ini. Sementara itu, pihak kepolisian dari Polres Sijunjung yang menerima laporan ini langsung meluncur ke tempat kejadian peristiwa (TKP). Setelah melakukan olah TKP, pihak kepolisian pun langsung mempolice line lokasi kejadian dan kapal yang digunakan oleh korban untuk menambang. Informasi yang dihimpun Haluan, pada siang itu air Batang

Kuantan terus membesar setelah diguyur hujan deras pada malam hari sebelum kejadian. Belum sempat korban bersama rekanrekannya menghentikan pekerjaan, tiba-tiba terjadi tanah longsor dan menimbun korban. “Kasusnya masih kita selidiki. Rekan korban yang bekerja pada saat kejadian akan segera kita mintai keterangan setelah asad korban dimakamkan. Begitu juga dengan pemilik kapal. Kita belum mengetahui dengan pasti dimana jasad korban disemayamkan. Saat ini jasadnya masih di Puskesmas,” kata Kasat Reksrim, AKP Suyanto SE. (azn/nop)

Musim Gadang ................ Dari Halaman. 1 Amran Nur .................... Dari Halaman. 1

Bahagia Bersama ............. Dari Halaman. 1 Dalam diri Rasulullah SAW terangkum keindahan-keindahan Alquran. Siti Aisyah, istri Rasul, ketika ditanya tentang akhlak Rasul, ia menjawab, khuluquhu alQuran’ (akhlaknya Muhammad itu Alquran). Sehingga tidak salah seluruh sisi kehidupan Rasul menjadi inspirasi, motivasi dan teladan banyak orang. Bila kita cermati perjalanan hidup beliau, maka kita akan terkesan betapa sebuah perjalanan hidup yang sangat mengagumkan. Mulai dari sikap, perilaku, tutur kata, fesen, rumah tangga, pergaulan sosial dan kehidupan kenegaraannya. Seluruh sisi kehidupan beliau diamati, dipelajari, dan dituangkan dalam ribuaan bahkan mungkin jutaan jilid buku, yang telah melahirkan ribuan bahkan mungkin jutaan sarjana, magister, bahkan doktor. Beliau bukanlah orang kaya. Beliau tidak memilih jalan mulkan nabiyya. (Nabi yang menjadi raja). Akan tetapi beliau lebih memilih jalan abdan nabiyya . (Nabi rakyat jelata). Perjalanan hidup beliau penuh dengan berbagai kesulitan dan penderitaan. Fitnahan, caci maki, dimusuhi bahkan dilempari kotoran onta. Di rumah beliau tidak tersedia makanan yang melebihi persiapan untuk tiga hari. Besar rumah beliau tidak lebih dari 5 meter. Beliau menambal bajunya sendiri, menjahit kasutnya sendiri. Semua ia lakukan. Di malam hari ia berdiskusi dengan para sahabat dan salat tahajut di masjid, sehigga ia terlambat pulang, dan didapati istrinya telah tidur, suami yang selalu bersuara lembut dan lirih terhadap istri, tidak tega membangunkan istri yang telah tidur, takut tidur istrinya terganggu, hingga ia rela tidur di depan pintu. Kecintaan beliau kepada sahabat melebihi kecintaan beliau kepada

dirinya sendiri. Sehingga sangat wajar bila sahabat juga sangat mencintai Rasul. Kecintaan para sahabat kepada Rasul melebihi cinta terhadap diri dan keluarganya. Sehingga setiap apa yang dikatakan Rasul, diikuti dan dipatuhi oleh seluruh sahabat. Para sahabat mengikuti perintah Rasul dengan penuh cinta. Kecintaan para sahabat kepada Rasul bukan semata karena ia Rasul, manusia suci. Akan tetapi karena Rasul juga mencintai sahabat dengan sepenuh hati. Rasulullah SAW sangat mencintai umatnya, protektif terhadap umatnya, dan amat lemah lembut terhadap orang-orang yang beriman. Di kala sang malaikat Izrail akan menjemputnya, yang keluar dari mulutnya adalah ummati, ummati, ummati. Umatku, Umatku, umatku adalah sebuah kekhawatiran sekaligus bukti kecintaan beliau kepada umatnya. Kecintaan Rasulullah SAW dengan umatnya, tidak hanya di dunia saja, akan tetapi juga sampai ketika hari berbangkit dan di Padang Mahsyar. Dalam riwayat diceritakan, bahwa orang yang pertama dibangkitkan oleh Allah kelak adalah nabi Muhammad SAW. Ketika ia dibangkitkan, katakata yang pertama keluar dari mulut beliau adalah “aina ummati” di mana umatku? Persis ketika orang bangun tidur bertanya tentang anak atau istri yang ia cinta tidak berada di sampingnya. Tidak hanya sampai di situ, dalam satu riwayat dikatakan, bahwa kelak di Padang Mahsyar Rasulullah SAW ingin seluruh umatnya mendapatkan syafa’at (intersesi yang dapat menjauhkan dari api neraka) dari beliau. Di kabarkan juga, kelak beliau akan mengundang kesana ke mari, halumma, halumma. Mana kalian umatku. Datanglah ke sini akan aku beri syafa’at. Itulah sebagian kecil kecintaan beliau

kepada umatnya. Sungguh besar pengaruh kecintaan kita kepada sesuatu. Kalau kita mencintai sepakbola, misalnya, maka kita akan mencintai apa saja yang berkenaan dengan sepak bola. Kita akan berlanganan majalah bola. Kita akan mengenal dengan semua pemain-pemain bola. Kita akan menempel poster pemain bola. Kita akan mengoleksi aksesoris-aksesoris yang berkenaan dengan bola. Kalau tim kesayangan kita bertanding, maka tanpa kita sadari, emosi kita juga larut dalam pertandingan. Bahkan kita rela bangun tengah malam untuk menyaksikan tim kesayangan kita bertanding. Ketika bintang sepak bola datang ke Jakarta, ribuan orang datang tanpa panitia hanya untuk melihat, bersalaman, atau paling tidak untuk menyetuh bekas apa yang disentuh oleh sang bintang. Ketika Michael Jakson tampil di panggung ribuan orang menyaksikannya. Banyak yang menjerit histeris dan pingsan ketika sang bintang bernyanyi. Begitulah kalau kita sudah mencintai sesuatu. Meskipun kita tidak bertatapan dan bertemu langsung beliau, akan tetapi beliau terasa begitu dekat dengan kita. Seakan beliau hadir di tengah-tengah kita, menyapa dan menyampaikan petuah-petuah di hadapan kita. Maka adalah kewajiban kita untuk mencintai dan bershalawat kepadanya, mencintainya tentu diikuti dengan meneladani akhlaknya. Ketika salah seorang sahabat menemui beliau, dan berkata “Ya Rasulullah aku mencintai mu” Rasul berkata “Engkau beserta orang yang engkau cintai” semoga kelak kita dikumpulkan oleh Allah SWT bersama Rasulullah SAW yang kita cintai. Penulis Kepala KUA Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Selain Amran Nur, pihak Asita juga memberikan penghargaan kepada, pengusaha Hotel Ben Sukma, Rocky Plaza Padang dan Rocky Hotel Bukittinggi, Walikota Padang Fauzi Bahar, Garuda Indonesia, Majalah Insert Medan , Kripik Balado Sherly, SMK Padang Panjang, dan restoran Sea Food Nelayan, yang bahu-membahu dalam membangkitkan pariwisata Sumbar setelah dihantam bencana gempa 30 September 2009 lalu. “Nasib Sawahlunto pasca tambang terbuka yang dilakukan PT Bukit Asam, terbilang sebagai daerah yang tidak lagi menjanjikan bagi warganya. Pernah, ketika saya masih di Komisi VII DPR-RI, didatangi karyawan perusahaan tambang, yang mencemaskan kondisi Sawahlunto, ketika potensi tambang terbuka yang tidak lagi memberikan harapan,” ujar Irwan. Ketika itu, warga Sawahlunto tidak lagi percaya akan harapan perkembangan ekonomi di kota yang berbentuk kuali tersebut. Namun, kecemasan warga Sawahlunto tersebut, lanjut Irwan, terjawab sudah dengan tekad dan kerja keras Walikota Sawahlunto, Amran Nur, yang mampu mengubah Sawahlunto menjadi daerah tujuan pariwisata. Tekad dan kerja keras pemerintah Sawahlunto dalam mengem-

bangkan pariwisata, terang Irwan, sangat patut untuk ditiru bupati dan walikota lain. Namun bukan meniru objek wisatanya. “Bukan meniru water boomnya, tidak meniru danau dan kandih resortnya, tetapi meniru tekad Amran Nur, yang mengubah kota yang mulai ditinggalkan warga menjadi kota kunjungan wisatawan,” tambang Irwan. Sekretaris Asita, Yan Hanafiah, di hadapan penerima penghargaan mengatakan, Asita Award diberikan kepada sembilan tokoh yang berjasa dalam memajukan dunia pariwisata Sumbar, yang terdiri dari pemerintah, pengusaha, dan kalangan pers yang ikut mempublikasikan keelokan potensi wisata yang dimiliki Sumatera Barat. Di tangan Amran Nur, menurut Yan Hanafiah, Sawahlunto menjadi bagian dari destinasi pariwisata masa depan di Sumatera Barat. Sawahlunto mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara, terutama Belanda. “Begitu banyak wisatawan Belanda mengunjungi Sawahlunto, mencari kenangan nenek moyang mereka, yang ikut membangun dan mengembangkan Sawahlunto sebagai daerah pertambangan,” terang Yan Hanafiah. Data kunjungan wisatawan Sawahlunto, dalam tahun 2011

mencapai 750 ribu wisatawan. Angka itu meningkat dari tahun 2010, yang berada pada 600 ribuan kunjungan. Sedangkan, untuk 2012, target kunjungan wisatawan diperkirakan akan mampu menembus 1 juta orang. Untuk menembus target tersebut, pemerintah Sawahlunto bersama pihak kepariwisataan membangun objek wisata sky lift atau kereta gantung, yang akan membelah langit pusat Kota Sawahlunto. Objek wisata ini, juga merupakan satu-satunya di Pulau Sumatera. Sebelumnya, menjelang tutup tahun 2011, Sawahlunto juga menerima Penghargaan GATRA Award, dari majalah Gatra. Tidak hanya itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga melabeli Sawahlunto penghargaan The Best Achievement Award. Selain Amran Nur, pihak Asita juga memberikan penghargaan kepada, pengusaha Hotel Ben Sukma, Rocky Plaza Padang dan Rocky Hotel Bukittinggi, Walikota Padang Fauzi Bahar, Garuda Indonesia, Majalah Insert Medan , Kripik Balado Sherly, SMK Padang Panjang, dan restoran Sea Food nelayan, yang bahu-membahu dalam membangkitkan pariwisata Sumbar setelah dihantam bencana gempa 30 September 2009 lalu. (adv/dil)

Massa Mengamuk............. Dari Halaman. 1 Di halaman kantor Bupati Agam, amukan massa ini dipicu kekecewaan massa yang merasa tidak dihargai oleh Pemkab Agam, karena tak ada satupun perwakilan Pemkab yang mau menemui mereka di saat unjuk rasa. Padahal mereka hanya untuk menyampaikan tuntutan penghentian operasi dan penurunan papan nama PT Mutiara Agam yang mengelola kebun sawit di daerah mereka. Warga Tanjung Manggopoh juga menuntut pengembalian hak mereka seluas 3.400 hektare lahan yang dicaplok PT Minang Agro, 900 hektare di antaranya milik suku Piliang dan 2.500 hektare milik warga suku Tanjung. Pada unjuk rasa kali ini, awalnya sekitar 5.000 pengunjuk rasa memadati halaman depan kantor Bupati Agam sekitar pukul 11.00 WIB. Pengunjuk rasa datang menggunakan 10 unit truk, 15 unit mobil dan bus, serta menggunakan 200 sepeda motor, dengan menggotong poster dan spanduk tuntutan mereka. Rencananya, hanya sekitar 2.000 massa yang akan berunjuk rasa di halaman Kantor Bupati Agam pada Kamis kemarin. Namun antusias masyarakat yang tinggi, membuat peserta pengunjuk rasa kian membludak. Besarnya jumlah massa membuat upaya aparat yang mencoba membendung kehadiran massa di pintu gerbang Kantor Bupati Agam menjadi gagal. Dengan berbagai cara, massa berhasil menembus pintu gerbang dan merangsek masuk ke halaman kantor bupati. Beberapa menit kemudian, massa mulai gerah, karena bupati dan pejabat lainnya tidak ada yang mau menemui mereka. Massa mulai beringas, dan tanpa dikomandoi melempari kaca bagian depan kantor bupati. Jumlah petugas yang tidak seimbang dengan jumlah massa membuat petugas tak berdaya membendung amukan massa itu. Tak sampai di situ, massa juga menurunkan bendera Merah Putih dan membakar ban bekas di depan

tiang bendera. Kapolres Agam yang mencoba menenangkan massa tak bisa berbuat banyak dan nyaris menjadi bulan-bulanan massa. Sekitar pukul 12.30 WIB, akhirnya Bupati Agam Indra Catri muncul menemui massa dan berdialog dengan perwakilan pengunjuk rasa. Dialog itu juga dihadiri Kapolres Agam AKBP Noortjahyo, Sekdakab Agam Syafirman Aziz, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Yulnasri dan anggota dewan Amril Anwar, di ruang data Polres Agam. Tinjau Lokasi Dihadang Setelah melalui dialog yang panjang dan mendengarkan semua keluhan dan aspirasi pengunjuk rasa, akhirnya Indra Catri bersedia meninjau lokasi sengketa bersama sejumlah perwakilan Pasukuan Tanjung Manggopoh. Rombongan itupun akhirnya bergerak ke lokasi lahan sengeketa, sementara ribuan pengunjuk rasa lainnya bertahan di halaman kantor bupati, menunggu hasil peninjauan dan kebijakan bupati. Di saat menuju perjalanan menuju lahan sengketa di kawasan PT Mutiara Agam, Bupati Indra Catri bersama perwakilan warga Manggopoh malah dihadang oleh massa tandingan dari perusahaan. Massa perusahaan itu memblokir jalan menju perusahaan dengan menggunakan truk sebagai penghambat jalan. Kondisi itu nyaris berujung bentrok. Namun bupati dan Kapolres Agam akhirnya bisa meredam konflik antar massa kedua belah pihak dan berhasil melakukan peninjauan lahan sengketa. Perwakilan warga Manggopoh Jufri Nur mengatakan, dasar tuntutan pengunjuk rasa adalah hasil kajian tim B bentukan Pemkab Agam, kala bupati dijabat M. Nur Syafei, yang mengeluarkan 1.400 hektare tanah ulayat pasukuan Tanjung Manggopoh. Namun tidak jelas, kepada siapa lahan yang 1.400 hektare tersebut. Menurutnya, PT Mutiara Agam telah mencaplok 2.500 hektare lahan

perkebunan dari Pasukuan Tanjung Manggopoh. Untuk itu Jufri Nur memohon Bupati Agam, Kapolres Agam, Anggota DPRD Agam melakukan pengeceken tentang kebenaran lahan tersebut yang diklaim Pasukuan Tanjung Manggopoh. Syahrial Bhakri Syarif, perwakilan warga Manggopoh lainnya menambahkan, kasus ini sudah dimulai tahun 1984. Kala itu Syahrial, yang waktu itu anggota DPRD Agam, sudah mengingatkan untuk melakukan pengukuran ulang lahan perkebunan yang berada dalam wilayah Kecamatan Tanjung Mutiara. Namun kala itu pemerintah berpihak kepada pengusaha. Yang rugi adalah masyarakat juga. “Tolong dibatalkan keputusan Tim B, dan kami meminta pihak BPN melakukan pengukuran ulang. Dalam HGU jelas dinyatakan bahwa yang menyerahkan tanah ke perusahaan adalah warga kecamatan Tanjung Mutiara, namun kenyataannya tanah yang dipakai berada dalam kecamatan Lubuk Basung,” ujarnya. Menurutnya, untuk menyelesaikan kasus itu sejak dulu sudah ada kesepakatan dengan pemerintah dan perusahaan untuk melakukan ukur ulang tetapi tidak pernah dilakukan. Ia juga menilai pemerintah berpihak kepada perusahaan, bukan kepada rakyat. Dalam pengadilan di tingkat Pengadilan Negeri masyarakat Manggopoh menang, namun di tingkat Pengadilan Tinggi, perusahaan PT Mutiara Agam yang menang. Masyarakat tidak dapat menerima keputusan itu, karena dinilai penuh dengan kejanggalan. Bupati Agam mengaku sangat sedih dengan peristiwa yang telah terjadi tersebut. Unjuk rasa kali ini dinilai merupakan puncak dari aksi serupa yang pernah dilakukan warga Manggopoh. Hingga berita ini diturunkan, masyarakat Manggopoh masih berdialog dengan Bupati Indra Catri di Kantor Bupati Agam. (h/msm/ks/wan)


12 MOZAIK

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

Ketersediaan Lahan BAHAN baku untuk pembuatan biogas yaitu kotoran ternak bisa dibilang berlimpah, tapi baru sedikit peternak sapi perah di Lembang yang menggunakan teknologi itu. “Kendalanya lahan, karena peternak harus punya tempat untuk instalasi biogas itu. Sebagian hanya punya kandang saja, jadi belum bisa menggunakan biogas, padahal sudah berminat,” kata Hamdan Sobahi dari KPSBU. Lahan yang diperlukan tergantung dari besarnya reaktor. Sebagian peternak membangun tangki reaktor ukuran 6 m2. Selain itu, masih perlu sedikit ruang terbuka untuk inlet kotoran sapi, dan penampung ampas biogas. Pembangunan reaktor biogas juga tidak bisa dilakukan sembarang orang karena mereka harus bersertifikat program Biogas Rumah (Biru) yang dikelola Institut Huma-

nis untuk Kerjasama Pembangunan (Hivos). Hivos, yang didukung lembaga kerjasama pembangunan Belanda, memulai program biogas di Indonesia tahun 2009 dan akan berakhir penghujung 2012. Target mereka adalah mendirikan 8.000 biogas di tujuh provinsi khususnya di wilayah-wilayah peternak sapi perah, 1.000 di antaranya di Lembang Kabupaten Bandung. Lembaga non-profit itu memberikan subsidi ratarata Rp2 juta untuk tiap instalasi biogas. Di Lembang, para petani yang disubsidi itu juga mendapat bantuan pinjaman bunga lunak dari Rabobank Foundation sebesar 8%/ tahun untuk membangun instalasi antara lain reaktor jenis kubah (fixed dome) cor beton yang ditanam di bawah tanah. Menurut Hamdan, hingga kini tidak satupun peternak

yang menunggak pembayaran. “Ada 25 anggota koperasi yang ingin kredit biogas tapi terpaksa ditolak karena setelah disurvei, lahan mereka tidak cukup. 20 lainnya mengundurkan diri karena khawatir sulit membayar cicilan,” katanya. Koperasi yang dikelola Hamdan kemudian mengajukan keringanan cicilan dari Rp150 ribu/bulan menjadi Rp100 ribu. Ketika dimintai komentar, Manajer Proyek Rabobank Foundation Indonesia Bern Dwiyanto yang sedang mengunjungi KPSBU mengemukakan “pada prinsipnya kami setuju dan Februari ini mungkin sudah bisa dilaksanakan.” Pihaknya juga memberikan pembiayaan serupa untuk biogas para peternak sapi perah Pangalengan Tandangsari Sumedang, dan di Garut Selatan dengan anggaran Rp12 miliar. (h/ant)

KOMPONEN BIOGAS-Sejumlah komponen yang diperlukan untuk memproduksi biogas dengan bahan dasar kotoran sapi. NET

Bebas Elpiji Berkat Biogas Sebuah tabung elpiji 12 kg teronggok di sudut dapur Eti Rohaeti. “Saya biarin di situ, biar jadi kenang-kenangan zaman repot,” kata Eti (32) tersenyum sambil melirik suaminya, Hendra (35). “Zaman repot” menurut warga Kampung Areng Desa Cibodas Lembang Kabupaten Bandung itu adalah ketika setiap kali elpiji habis, mereka harus repot mencari karena tidak semua toko atau warung selalu sedia tabung elpiji. Kadang, mereka harus ke kota kecamatan yang jaraknya sekitar 30 menit menggunakan sepeda motor. “Kalau habisnya pas sore atau subuh, ya udah enggak masak dulu,” kata Eti. Repot seperti itu kini tinggal kenangan bagi suamiistri tiga anak tersebut. Mereka punya pasokan sumber energi untuk dua kompor dan lampu pijar di dapur. Yang paling menyenangkan,

sumber energi itu gratis. Hendra dan Eti sudah beberapa bulan terakhir menggunakan biogas, bahan bakar yang dihasilkan dari kotoran tiga sapi mereka. Pasangan peternak sapi perah itu terlebih dulu membangun bak penampungan sebesar enam meter persegi (disebut reaktor) di belakang rumah. “Apinya sama-sama

disebut bio-slurry. Pepen punya enam sapi perah dan punya kebun hampir satu hektar yang ia tanami tomat dan cabai. “Komposnya bagus, hasilnya panen nambah 40 persen,” kata Pepen yang setiap 90 hari memanen enam ton tomat. Memasyarakatkan biogas dari kotoran sapi bukan hal

Sapi yang memproduksi kotoran sebagai bahan dasar biogas. biru, gak kerasa beda dengan elpiji,” kata Eti. Tetangga mereka sesama pemakai biogas, Pepen Supendi (34), bahkan mendapat manfaat tambahan berupa kompos hasil biogas yang

sulit untuk para peternak sapi di Lembang. Pepen mengaku dia langsung tertarik dengan biogas ketika pertama kali diperkenalkan ketua kelompok peternak mereka. “Belum pernah tuh dengar

ada yang menolak pakai biogas karena takut meledak atau jijik karena dari kotoran sapi. Kan memang bukan kotoran yang masuk rumah, tapi gas,” kata Pepen. Di Lembang sudah ada 368 petani yang menggunakan biogas dan jumlahnya terus bertambah sejak program itu dimulai pada Juli 2010. Para pengguna biogas itu adalah sebagian dari anggota Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPBSU) yang punya sekitar 7.000 anggota. Koperasi tersebut mengggandeng Rabobank Foundation untuk menyalurkan kredit ringan pembangunan instalasi biogas tersebut. Harganya tergantung ukuran reaktor, tapi paling banyak dipakai adalah reaktor 6 meter persegi yang memakan biaya Rp6,6 juta. Peternak sapi perah cukup mencicil Rp70 ribu/pekan, bisa dipotong langsung dari susu yang mereka setorkan setiap pagi dan sore. Hendra yang memiliki tiga sapi, mengirim 25 liter susu ke koperasi setiap hari dengan harga rata-rata perliter Rp3.200. “Kalau sudah lunas, ya gas di dapur asli gratis dan untuk seterusnya,” kata Hendra. (h/ ant)

Skema pembuatan instalasi biogas

Biaya Lebih Ringan PARA peternak tidak punya hambatan dalam menerima teknologi biogas terlebih lagi tersedia subsidi dan keringanan biaya, namun tantangan terberat dalam memasyarakatkan biogas secara luas adalah harga susu yang masih rendah sehingga tidak semua orang tertarik untuk menjadi peternak sapi perah. “Harga susu belum menarik,” kata Hamdan. Dia mengingat-ingat, dahulu satu liter susu setara dengan dua liter beras. “Sekarang, seliter susu belum tentu dapat setengah liter beras,” katanya. Dia mengaku heran karena harga daging sapi terus menerus naik sedangkan harga susu sapi susah sekali beranjak. Hamdan juga mengemukakan jumlah anggota KPSBU tetap berkisar 7.000-an anggota. “Selalu ada anggota baru tapi ada beberapa anggota yang berhenti jadi peternak dan memilih usaha lain, mu-

ngkin ada juga yang jual sapinya lalu usaha ojek,” katanya. Dia mengemukakan, harga susu di Indonesia bahkan terendah di ASEAN. Dia mencontohkan Malaysia yang harga susunya sekitar Rp5.200/ liter. Harga susu yang masih rendah tersebut menurut dia membuat peternak sulit mengembangkan usaha mereka. Data Departemen Pertanian pada tahun 2011 menyebutkan bahwa tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia hanya 11,09 liter per kapita per tahun sedangkan Malaysia dan Filipina yang mencapai 22,1 liter per kapita per tahun, Thailand 33,7 liter per kapita per tahun, Vietnam 12,1 liter per kapita per tahun dan India mencapai 42, 08 liter per kapita per tahun. Menurut data tersebut

Simulasi pembuatan biogas. Seorang ibu memasak dengan kompor biogas.

pasokan susu nasional hanya mampu mencukupi 30 persen dan sisanya impor. Beberapa waktu lalu, Dewan Persusuan Nasional (DPN) meminta pemerintah meninjau kembali batas bawah harga susu segar di tingkat peternak karena harga di pasar internasional yang sudah lebih dari Rp 4.000/liter. Hamdan menginginkan agar pemerintah turun tangan membantu peternak sehingga mereka bergairah dalam melanjutkan usaha. “Coba kalau semakin banyak peternak, tentu biogas juga semakin banyak yang menggunakan, artinya makin banyak orang punya sumber energi sendiri,” katanya. Hamdan membayangkan jika harga susu di peternak menggairahkan usaha, dia optimistis, seluruh anggota koperasinya yang berjumlah 7.000-an orang masing-masing punya unit biogas di rumahnya. (h/ant)


PADANG 13

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

DISAPU PUTING BELIUNG

Wako akan Sidak Hiburan Malam PADANG, HALUAN — Walikota Padang Fauzi Bahar akan melakukan sidak, terhadap tempat hiburan yang selama ini dipelihara oleh oknum Satpol PP Kota Padang. “Saya akan lakukan sidak terhadap tempat hiburan, yang dinilai dipelihara oleh oknum Satpol PP Kota Padang. Karena, kalau dibiarkan maka oknum tersebut akan berbuat hal seperti itu terus,” kata Walikota Padang Fauzi Bahar kepada Haluan, Kamis (2/2). Ia juga mengatakan,sidak yang dilakukannya itu akan bekerjasama dengan kepolisian dan TNI. Dengan harapan, akan mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.Sedangkan, dua oknum yang melakukan pembocoran rahasia saat razia masih akan terus diselidiki hingga ditemukan pengkhianatnya tersebut. “Saya mengharapkan, Kepala Satpol PP segera temukan dua orang pengkhianat Satpol PP itu karena oknum seperti itu tidak pantas dipelihara oleh Pemko Padang,” katanya. Sedangkan Kepala Satpol PP Kota Padang Yadrison mengatakan, ia telah menemukan dua orang pengkhianat Satpol PP itu, dan akan segera ditindak sesuai pelanggarannya. “Sanksi yang akan diberikan , sesuai perbuatannya bahkan bersikap jera nantinya,” katanya. Menanggapi hal itu Wakil Ketua DPRD Kota Padang Budiman mengatakan, walikota harus memberikan tindakan tegas bagi Satpol PP yang memelihara tempat hiburan bahkan jika perlu diberhentikan tidak hormat. “Dengan banyaknya kasus di Satpol PP seperti, oknum yang memelihara tempat hiburan hingga ada yang tertangkap ditempat hiburan hendaknya jangan dibiarkan begitu saja tapi berikan tindakan yang membuat mereka jera dan takut,” katanya. (h/ade)

Atap Rumah Beterbangan PADANG, HALUAN — Tiga rumah dan satu gudang di Jalan Tabing, Lubuk Minturun RT 2 RW 3 Kelurahan Bungo Pasang, disapu puting beliung, Rabu (1/2) malam. Ditaksir lebih dari seratus juta rupiah melayang akibat dampak sapuan angin puting beliung tersebut. Kejadian ini berselang 20 hari dari kejadian serupa di kawasan Batang Arau dan Kuranji. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Tidak ada yang melihat jelas seperti apa dahsyatnya gulungan angin itu, karena pada saat kejadian lampu pudur yang membuat gelap gulita. Warga sekitar hanya merasakan kencangnya, angin dan mendengar suara seperti gemuruh yang sangat keras. “Saya pikir awalnya ada

PORAK PORANDA — Angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 22.00 WIB pada Rabu (1/2) lalu, memporakporandakan gudang perabotan dan rumah warga di Jalan Tabing Lubuk Minturun RT 2 RW 3 Kelurahan Bungo Pasang. AMIRUL MUSADDAT LUBIS gempa, karena rumah saya berguncang keras. Selain itu juga ada suara keras dari atap rumah. Karena itu, saya bawa cucu saya lari ke luar rumah untuk menyelamatkan diri. Tak lama kemudian, saya baru tahu bahwa

kejadian itu akibat dari angin puting beliung,” ujar Darmilus (53), salah seorang korban. Dari tiga rumah yang dihantam angin puting beliung, hanya rumah Darmilus yang mengalami rusak berat, karena

PENGANIAYAAN PEDAGANG

Polisi Masih Periksa Saksi PADANG, HALUAN — Meski berjalan cukup lama, polisi belum menuntaskan penyelidikan dugaan penganiayaan terhadap pedagang yang diduga dilakukan dua pejabat Pemko Padang. Dua pejabat yang dimaksud, Kepala Dinas Perhubungan Firdaus Ilyas, dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Budhi Erwanto. Kamis (2/2), penyidik Direktorat Reserse Umum Polda Sumbar masih memeriksa saksi. Saksi yang diperiksa adalah salah seorang korban pemukulan, Marli. Pedagang itu datang ke Ditreskrimum pukul 10.00 WIB didampingi pensehat hukumnya dari PBHI

Sumbar. “Ia melihat dengan jelas dua kepala dinas tersebut memukul para pedagang yang berusaha menghadang laju aparat yang berencana melakukan pemagaran bangunan pasar inpres II, III, dan IV. Saat petugas berhadapan dengan para pedagang, entah apa penyebabnya Firdaus langsung menerjang pedagang dengan cara memukul dan menendang, setelah itu baru terlihat, Budi Erwanto ikut melakukan pemukulan pada para pedagang,” ujar Naldi Gantika, penasehat hukum yang mendampingi saksi Ia melihat dua kepala dinas itu memukuli para pedagang dengan cara membabi buta. Saat itu ia berada

sekitar 30 meter dari tempat para pedagang tersebut dipukuli. “Saya melihat, pemukulan yang dilakukan kepala dinas tersebut tidak hanya terjadi satu kali. Setelah pemukulan pertama, kepala dinas tersebut berhenti, namun tidak berapa lama kemudian mereka berdua kembali melakukan pemukulan terhadap pedagang. Akibat pemukulan dan tendangan tersebut beberapa pedagang terjatuh,” jelasnya. Saksi yang dicecar dengan 15 pertanyaan dari penyidik tersebut juga mengakui, setelah pedagang dipukul dan ditendang saat itu aparat kepolisian baru membantu pedagang untuk berdiri kembali.

Dalam situasi yang tidak menentu tersebut, polisi hanya membantu pedagang, tanpa ada upaya lain untuk mengamankan para pedagang dari aksi anarkis yang terus dilakukan petugas. Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar, AKBP Mainar Sugianto mengatakan, penyidik masih menyelidiki perkara tersebut. “Kemungkinan para saksi yang dipanggil tersebut adalah para pedagang yang melihat langsung kejadian itu. Setelah seluruh saksi diproses, dan kalau memang terlihat indikasi penganiayaannya, maka penyidik tentu akan menetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu,” kata Mainar. (h/nas)

rumahnya merupakan rumah tua yang telah berusia lebih dari seratus tahun. Rumah yang beratap rumbia itu tampak bolong di beberapa titik. Sementara atap seng dari gudang perabot mendarat di atap rumah Darmilus, dan memperparah kondisi rumah tua tersebut. Ketika Haluan memasuki rumah Darmilus, dalam rumah itu masih dipenuhi patahan atap rumbia. Sebagian besar isi rumah juga tampak basah kuyup, karena banyaknya atap yang bolong. Kondisi Darmilus yang tergolong keluarga miskin membuat Ia tak mampu berbuat apa-apa. Apalagi untuk menyediakan sekitar Rp20 juta untuk perbaikan rumahnya, dinilai sangat mustahil. Selain rumah Darmilus (53), rumah milik Rafiza (32) dan Karim (53) juga mendapat hantaman angin puting beliung. Namun kedua rumah itu hanya mengalami rusak ringan, yang masing-masignya hanya mengalami kerugian sekitar Rp2 juta. Sementara itu, gudang pembuatan perabot milik M Akhir (43) juga ikut porak poranda. Sekitar 80 persen perabotan di

dalam gudang itu rusak. Sekitar 20 kodi atap seng gudang itu juga rusak dan beterbangan hingga belasan meter. Akibat kejadian itu, M Akhir mengalami kerugian sekitar Rp125 juta. “Untuk sementara ini, saya akan fokus pada perbaikan gudang yang hancur, setelah itu baru memikirkan bisnis lagi. Tak hanya perabotan jadi, tapi material kayu untuk membuat perabotan juga banyak yang rusak. Bahkan ada yang terbang hingga ke badan jalan raya. Dari 25 anggota saya, semuanya baik-baik saja dan tak ada yang terluka akibat kejadian ini,” ujar M Akhir. Sementara itu, Lurah Bungo Pasang, Ernawati, memastikan hanya ada empat bangunan yang dihantam di kelurahan mereka, tidak puluhan rumah, seperti informasi yang sempat beredar di masyarakat. “Kami hanya mendapatkan laporan empat bangunan yang rusak akibat puting beliung, dan telah kami tinjau. Untuk langlah selanjutnya, kami juga telah berkoordinasi dengan BPBD Kota Padang,” ujar Ernawati. (h/wan)


14 PA D A N G LINGKAR

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

MINTA ISTRI DIBEBASKAN

Warga Teluk Sirih Diminta Bersabar PADANG, HALUAN — Walikota Padang Fauzi Bahar tidak akan mendesak kejaksaan, untuk segera menyelesaikan persoalan siliah jariah masyarakat Teluk Sirih Kecamatan Bungus Teluk Kabung Padang. “Saya tidak bisa mendesak kejaksaan, untuk segera menuntaskan masalah Teluk Sirih. Karena, kalau sudah sampai ke kejaksaan adalah masalah hukum sehingga walaupun walikota tidak bisa menuntut,” kata Walikota Padang Fauzi Bahar kepada Haluan, Kamis (2/2). Untuk persoalan Teluk Sirih ini, hendaknya tunggu saja sampai kejaksaan bekerja dan kalau sudah keluar hasilnya maka patut diterima. “Namun, saya mengharapkan keputusan yang dikeluarkan kejaksaan nantinya berpihak kepada masyarakat yang selama ini sangat mengharapkan siliah jariah tersebut,” katanya. Ia juga mengatakan, apapun yang diputuskan kejaksaan nanti pastinya diterima dengan lapang dada. Pasalnya, kejaksaan pun akan menyelidiki apakah soal siliah jariah ini merugikan negara ataukah tidak. Hal yang berbeda dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Padang Budiman, bahwa pemerintah harus mendesak kejaksaan untuk menyelesaikan persoalan Teluk Sirih ini. Pasalnya, kalau tidak segera diselesaikan maka akan terus terjadi konflik. “Selain pemerintah yang mendesak, diminta kejaksaan juga untuk berperan aktif menuntaskan masalah ini karena kalau tidak gejolak masyarakat akan meningkat,” katanya. Masalah Teluk Sirih ini menyangkut soal hukum dan sosial, sehingga saling berkaitan untuk itu agar segera diselesaikan secara adil,” (h/ade) tegas kader PKS ini.(h/ade)

Terdakwa Pencurian Mengamuk PADANG, HALUANDivonis penjara masing-masing 1 tahun, pasangan suami istri, David Triadi dan Mike Sri Nofrika, terdakwa kasus pencurian melampiaskan emosinya di luar ruang sidang.

Rp470 Juta untuk Fasilitas LLAJ PADANG, HALUAN — Pemko mengalokasikan dana sebesar Rp470 juta bersumber dari APBD 2012 untuk membiayai program rehabilitasi dan pemeliharaan prasarana lalu lintas angkutan jalan (LLAJ). “Program tersebut akan dilaksanakan Dinas Perhubungan (Dishub) bersama pihak terkait selama tahun anggaran 2012, kata Kepala Dishub Padang, Firdaus Ilyas, Kamis (2/2) Ia menjelaskan, dalam program dan pemeliharaan prasarana LLAJ tersebut akan dilaksanakan dua kegiatan dengan pendanaan bersumber dari APBD PAdang 2012 itu. Dua kegiatan yang dilaksanakan meliputi, rehabilitasi dan pemeliharaan sarana prasarana alat pengujian kendaraan bermotor Kota Padang dengan dana untuk membiayainya sebesar Rp70 juta. Kedua, kegiatan rehabilitasi dan pemeliharaan terminal serta pelabuhan menjadi kewenangan Pemkot Padang dengan anggaran pelaksanaannya sebesar Rp400 juta. Sementara itu, untuk membiayai program pembangunan prasarana dan fasilitasi perhubungan di kota ini, Pemkot Padang mengalokasikan anggaran Rp1,56 miliar yang juga bersumber dari APBD 2012. Anggaran program tersebut dialokasikan untuk membiayai tujuh kegiatan terkait dengan sektor perhubungan di Kota Padang dan sebagian besar akan digunakan untuk membiayai rencana pembangunan satu terminal tipe-A dan dua terminal tipe-B, tambahnya. (h/vid/ant)

HANGUS - Sejumlah anak mengamati sepeda motor yang hangus bersama rumah semi permanen milik anggota Polresta Padang, yang ludes terbakar di Komplek Kemala Permai RT 4 RW I Kecamatan Kuranji, Kamis (2/2). (Rivo Septi Andries)

Rumah Polisi Terbakar PADANG, HALUAN — Sebuah rumah semi permanen milik Toni Ariza, anggota Polresta Padang di RT 4, RW I, Kecamatan Kuranji dilalap sijago merah, Kamis (2/ 2) sekitar pukul 16.00 WIB. Tiga unit sepeda motor yang berada di dalamnya terbakar, termasuk kendaraan dinas. Kejadian tersebut membuat warga setempat panik, karena saat kebakaran terjadi diiringi angin kencang, sehingga membuat api cepat merambat dan membakar bagian ruangan lainnya. Agar tidak sempat menjalar ke rumah warga lain, masyarakat berupaya melakukan pemadaman dengan meng-

gunakan air seadanya. Kemudian warga menghubungi pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang dan aparat kepolisian. Namun, lambatnya warga memberikan informasi membuat rumah dan isinya tidak terselamatkan, sehingga tiga unit sepeda motor yang ada didalamnya juga ikut terbakar. Tidak berapa lama setelah mendapatkan laporan kejadian tersebut, tiga unit armada Damkar tiba di lokas,i dan langsung melakukan pemadaman untuk mengantisipasi api merambat kerumah warga lainnya. “Saat kejadian tersebut ter-

nyata pemilik rumah sedang tidak berada di rumah. Dugaan sementara peristiwa ini diakibatkan arus pendek,” kata Kepala Dinas Damkar Padang Budhi Erwanto. Dijelaskannya, api berhasil dipadamkan hingga pukul 17.00 WIB, dan setelah itu petugas melakukan pendinginan dan mematikan sisa-sisa api yang masih berpotensi. Kemudian pemilik rumah untuk sementara diungsikan ke rumah warga lainnya. “Kami menghimbau kepada masyarakat Kota Padang agar selalu menjaga segala sesuatu yang bisa menimbulkan potensi kebakaran,” katanya. (h/nas)

PERKARA NENEK LISMANIDAR

PH Nilai Bukan Pidana PADANG, HALUAN — Penasihat hukum (PH) Lismanidar, terdakwa dugaan penguasaan sepihak 33 sertifikat tanah, menolak perkaranya diadili sebagai perkara tindak pidana. “Kami memandang perkara ini adalah perkara perdata murni karena menyangkut sengketa kepemilikan,” kata Rifka Zuwanda, salah seorang PH terdakwa dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Padang, Kamis (2/2). Rifka menjelaskan, masalah dalam perkara ini adalah menyangkut kepemilikan sertifikat yang diperebutkan ahli waris almarhum Jawanis, atau ahli waris almarhum Muchtar Isa antara terdakwa dengan korban Sabaruddin Isa. Terhadap beberapa sertifikat ini sampai saat ini belum ada satupun keputusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap yang menyatakan siapa pemilik sah atas sertifikat yang dipermasalahkan dalam perkara ini. “Perkara antara terdakwa dengan korban Sabaruddin Isa adalah sengketa keperdataan yang berada dalam lapangan hukum perdata bukan pidana,” tegas Rifka di hadapan hakim Asmar beserta Fahmiron dan Yoserizal. Menurut Rifka, jika perkara perdata murni ini dilanjutkan dan diproses di pengadilan ini, maka akan menyebabkan kesalahan dalam penerapan hukum, karena hubungan hukum yang terjadi antara terdakwa dengan korban adalah hubungan hukum perdata yaitu sengketa keperdataan antara ahli waris. Rifka berpendapat penyi-

dik telah keliru melihat duduk permasalahanya dan telah “merekayasa” perkara perdata murni tentang sengketa waris menjadi perkara pidana. “Kami memandang bahwa proses penyidikan perkara ini cacat hukum. Begitu juga dengan surat dakwaan JPU, keliru dan kabur karena telah melanggar ketentuan Pasal 143 Ayat 2 huruf b KUHAP,” katanya Sebelumnya, terdakwa Lismanidar warga Belanti Barat Kecamatan Padang Utara ini, didakwa karena diduga telah menguasai secara sepihak 33 buah sertifikat tanah. Akibat perbuatan gaek berusia 71 tahun ini, korban Sabaruddin Isa serta pihak lain yang memiliki sertifikat ini mengalami kerugian Rp

50 miliar. Kasus ini berawal ketika ada pembagian warisan dari alm Muchtar Isa, saudara kandung terdakwa. Selanjutnya, saudara dan ibu alm Muchtar Isa meminta penetapan ahli waris melalui PN Padang. Berdasarkan putusan PN Padang tanggal 20 April 1994, ditetapkan warisan itu dibagikan kepada Ramayulis, Lismanidar, Haji Lisar, Sabaruddin Isa, Indra, dan Jawanis. Tapi ditengah perjalanan, muncul sengketa antara ahli waris alm Muchtar Isa dengan Bachtiar Buyung. Demi keamanan sertifikat itu sepakat untuk dipindahkan ke rumah terdakwa Lismanidar pada tanggal 7 September 1994. Selanjutnya pada 2 November

1994 para ahli waris membuat surat pernyataan kesepakatan bersama di hadapan notaris untuk membagi warisan tersebut. Walau sudah ada pembagian, terdakwa Lismanidar tidak mau menyerahkan serti-

fikat-sertifikat yang sudah menjadi hak korban Sabarudin Isa. Atas dasar itu, korban melaporkan perbuatan terdakwa ke Polresta Padang. Perbuatan terdakwa diancam pidana Pasal 372 KUHP. (h/dla)

Usai pembacaan putusan, sembari digelandang ke dalam ruang tahanan di Pengadilan Negeri (PN) Padang, terdakwa David Triadi terus mengumpat. Bahkan saat berada di sel tahanan, ulah David semakin menjadi-jadi. Dia menendang pintu sel karena tidak terima dengan vonis hakim. Dia juga terus mengumpat dengan kata-kata kotor. “Apo keadilan ko. Awak indak diagiah mangecek (mana keadilan. Saya tidak diberi kesempatan untuk bicara),” kata David meluapkan emosinya. Emosi David ini berawal ketika majelis hakim PN Padang Muchtar Agus Cholif beserta hakim anggota Zulkifli dan Fitrizal Yanto, memvonis David dan Mike bersalah, karena telah dinilai melakukan pencurian. David dituntut jaksa penuntut umum (JPU) dengan tuntutan 1 tahun 6 bulan penjara. Hakim memutus dengan hukuman 1 tahun penjara. Usai memutus, majelis hakim tak langsung mengetok palu. Hakim memintai dulu tanggapan dari David dan Mike. Mike sendiri menerima putusan hakim. Sedangkan David hanya diam, dan tak menjawab ketika dimintai tanggapannya apakah menerima putusan, banding, raguragu atau pikir-pikir dulu. Karena diam, hakim menganggap David masih raguragu. Hakim kemudian mengetok palu. David dan Mike kemudian digiring keluar ruang sidang untuk dimasukkan kembali ke ruang tahanan yang ada di PN Padang. Sembari berjalan, David yang didampingi istri serta 4 orang anaknya terlihat terus mengumpati sembari menggendong anakanaknya. Bahkan saat sudah berada di ruang tahanan, David terus melampiaskan emosinya dengan menendang pintu ruang tahanan dan mengeluarkan kata-kata kotor. Tak ayal tindakan David ini mengundang perhatian dari pengunjung sidang yang

lain. David merasa, hukuman yang diberikan majelis hakim ini tidak adil, karena semestinya yang mendapat hukuman berat itu hanya dia saja, tapi hakim malah menghukum keduanya dengan hukuman yang sama. Dia juga meminta agar istrinya dibebaskan. Dia merasa selama penyidikan ada Barang Bukti (BB) yang tidak dimasukkan oleh penyidik dalam perkara ini. Dia menilai ada yang janggal mengapa itu terjadi. “Ado BB tapi indak dimasuakan seluruhnyo dalam BAP (Ada BB tapi tidak dimasukkan seluruhnya dalam BAP),” lanjutnya. Dalam vonis itu majelis hakim menjerat David dengan Pasal 363 Ayat (1). Kasus ini bermula ketika sekitaran Oktober 2011 lalu, David bersama Mike pergi ke sebuah butik di kawasan Kuranji. Ketika masuk ke butik itu, David bersama istrinya terlihat seperti konsumen biasa, tak sedikitpun ada yang mencurigakan dari gerak gerik mereka. Mereka terlihat mencoba baju-baju yang dijual di butik layaknya konsumen yang ingin membeli. Namun demikian, beberapa saat kemudian, dengan sendirinya muncul rencana jahat mereka. Mike mengambil dompet milik korban Gusnelita yang juga pemilik dari butik tersebut yang letaknya berada didalam butik. Sedangkan David bertugas mengalihkan perhatian korban Gusnelita dengan mengajaknya berbincang-bincang. Setelah dompet itu diambil, Mike kemudian keluar Butik begitu juga dengan David.Setelah itu, mereka pergi meninggalkan butik Setelah mendapatkan dompet tersebut, dompet itu kemudian dibuka ternyata didalam dompet itu terdapat uang tunai sebesar Rp3 juta dan beberapa buah kartu kredit milik korban. Uang dan kartu kredit itu kemudian digunakan David dan istrinya untuk berbelanja banyak barang-barang di beberapa toko di Kota Padang. Mulai dari berbelanja baju kaos, celana jeans, ikat pinggang, parfum , dompet wanita hingga perhiasan emas. Akibat perbuatan terdakwa ini korban menderita kerugian sebesar Rp 32 juta. Putusan yang diberikan hakim ini sudah didasarkan atas pertimbangan memberatkan karena perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat dan merugikan orang lain. Sedangkan pertimbangan meringankan, terdakwa berlaku sopan dan mempunyai tanggungan 4 orang anak. (h/dla)

menambah ukuran permanen

TOKO CENTRAL 0751-850 0066 - 0812 8333 5222 Jl. Khatib Sulaiman No. 24 (Depan STIKES INDONESIA/100m sebelum Masjid Agung Sumbar


JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

01. Man. City 02. Man. United 03. Tottenham 04. Chelsea 05. Liverpool 06. Arsenal 07. Newcastle 08. Stoke City 09. Everton 10. Norwich 11. Sunderland 12. Aston Villa 13. Swansea 14. Fulham 15. West Brom 16.Queens PR 17. Bolton 18. Blackburn 19. Wolverhampton 20.Wigan Athletic

23 23 23 23 23 22 22 23 23 22 22 22 23 22 22 22 22 22 23 23

17 17 15 12 10 11 10 8 8 7 7 6 6 6 7 5 6 4 4 3

3 3 4 6 8 3 6 6 5 8 6 9 9 8 4 5 1 6 6 6

3 (60-19) 3 (56-21) 4 (44-25) 5 (38-24) 5 (28-21) 8 (39-33) 6 (32-30) 9 (22-34) 10 (23-26) 7 (30-35) 9 (29-24) 7 (26-29) 8 (24-28) 8 (28-31) 11 (22-31) 12 (22-37) 15 (28-47) 12 (33-45) 13 (25-43) 14 (20-48)

Jadwal Pertandingan Rabu (1/2) Swansea City Vs Chelsea Tottenham Vs Wigan Wolverhampton Vs Liverpool Manc. United Vs Stoke City Everton Vs Manchester City Kamis (2/2) Aston Villa Vs Queens PR Bolton Vs Arsenal Sunderland Vs Norwich City Fulham Vs West Bromwich Blackburn Vs Newcastle

54 54 49 42 38 36 36 30 29 29 27 27 27 26 26 20 19 18 18 15

1-1 3-1 0-3 2-0 0-1 02.45 03.00 03.00 03.00 03.00

WIB WIB WIB WIB WIB

01.Juventus

20 12 8

0

(33-13) 44

02.AC Milan

20 13 4

3

(52-17) 43

03.Udinese

20 11 5

4

(29-16) 38

04.Lazio

20 10 6

4

(30-19) 38

05.Inter Milan

20 11 2

7

(30-21) 35

06.AS Roma

19 9

4

6

(29-21) 31

07.Napoli

20 7

8

5

(36-24) 29

08.Palermo

20 8

3

9

(26-27) 27

09.Genoa

20 8

3

9

(28-36) 27

10.Fiorentina

20 6

7

7

(20-17) 25

11.Chievo

20 6

6

8

(16-25) 24

12.Parma

20 6

6

8

(25-33) 24

13.Atalanta

20 7

8

5

(24-25) 23

14.Cagliari

20 5

8

7

(16-21) 23

15.Catania

19 5

8

6

(22-28) 23

16.Bologna

20 5

6

9

(18-26) 21

17.Siena

20 4

7

9

(21-22) 19

18.Lecce

20 4

4

12

(21-36) 16

19.Cesena

20 4

3

13

(13-31) 15

20.Novara

20 2

6

12

(18-40) 12

Jadwal Pertandingan Kamis (2/2) Cagliari Vs AS Roma Inter MilanVs Palermo Lazio Vs AC Milan Napoli Vs Cesena Udinese Vs Lecce

01.Madrid 02.Barcelona 03.Valencia 04.Levante 05.Espanyol 06.Bilbao 07.Atletico 08.Malaga 09.Getafe 10.Osasuna 11.Sevilla 12.Sociedad 13.Real Betis 14.Vallecano 15.Mallorca 16.Granada 17.Santander 18.Villarreal 19.Gijon 20.Zaragoza

20 20 20 20 20 20 20 20 20 20 20 20 20 20 20 20 20 20 20 20

17 13 10 9 9 7 8 8 7 6 6 6 7 6 5 6 4 4 5 2

4-2 4-4 2-0 0-0 2-1

1 6 6 4 4 8 5 4 6 9 8 6 2 4 7 4 9 8 3 6

Jadwal Pertandingan Minggu (29/01) Espanyol Vs Mallorca Vallecano Vs Bilbao Real Madrid Vs Zaragoza Villarreal Vs Barcelona Real Betis Vs Granada Sociedad Vs Sporting Gijón Levante Vs Getafe Senin (30/1) Santender Vs Valencia Málaga Vs Sevilla Selasa (31/) Osasuna Vs Atlético Madrid

2 1 4 7 7 5 7 8 7 5 6 8 11 10 8 10 7 8 12 12

(70-19) (59-12) (31-22) (26-24) (22-21) (30-25) (31-27) (24-29) (22-26) (22-32) (21-22) (22-28) (23-29) (23-31) (17-21) (14-27) (17-25) (18-28) (19-38) (15-36)

1-0 2-3 3-1 0-0 1-2 5-1 1-2 2-2 2-1 0-1

52 45 36 31 31 29 29 28 27 27 26 24 23 22 22 22 21 20 18 12

VALENCIA, HALUAN — Valencia gagal mempertahankan keunggulan atas Barcelona di ajang Piala Raja, namun lolos dari kekalahan usai penalti Lionel Messi gagal masuk. Pada partai yang berakhir hari Kamis subuh WIB (2/2/2012), Valencia dan Barcelona hanya bermain imbang 1-1. pada leg pertama Piala Raja yang berlangsung di Stadion Mestalla. Valencia unggul lebih dulu lewat gol Jonas pada menit 27, sebelum disamakan oleh Carles Puyol 10 menit sebelum babak pertama usai. Sebenarnya Barca memiliki sejumlah peluang emas pada babak kedua, namun penalti yang didapat usai Thiago di jatuhkan dikotak terlarang adalah kesempatan unggul paling baik. Tapi sayang Messi yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal melakukan tugasnya dengan baik. Tendangan pemain terbaik dunia itu masih terlalu lemah sehingga Diego Alves dengan cemerlang menghalau bola yang meluncur ke kiri gawang. Dengan hasil imbang ini Barcelona masih memiliki kesempatan besar untuk melenggang ke babak final Piala Raja, karena leg kedua yang akan digelar pekan depan berlangsung di stadion angker Katalan, Camp Nou, seperti yang dilaporkan inilah.com. Di awal laga Valencia tampil lebih ngotot dengan semangat ingin unggul cepat didepan publiknya sendiri. Pada menit 17 wasit membuat publik Mestalla geram. Tekanan dan kecepatan pemain Valencia membuat kiper Barca, Jose Pinto, terpaksa menghalau bola dengan tangan diluar

OLAHRAGA 15

kotak penalti saat berebut bola dengan Soldado. Tindakan yang patut diberikan kartu merah, namun justru luput dari penglihatan wasit. Valencia sukses mencuri gol lebih dulu lewat Jonas pada menit ke27. Jonas dengan tenang menceploskan bola usai menerima umpan matang Matheiu. Namun keunggulan itu hanya bertahan delapan menit. Carles Puyol berhasil menyamakan kedudukan. Terlepas di dalam kotak penalti, kapten klub asal Katalonia itu dengan dingin menanduk bola hasil sepak pojok. Skor imbang 11 bertahan sampai turun minum. Babak kedua baru berlangsung tiga menit, Barcelona berhasil menggetarkan jala lawan. Namun akhirnya dianulir wasit karena Alexis Sanchez dinilai sudah offside saat menerima umpan Messi. Giliran Messi mendapat peluang. Usai melewati beberapa pemain lawan, striker Argentina itu melepaskan tendangan namun masih melayang tipis diatas gawang Valencia. Menit ke-55 Barca mendapatkan penalti setelah kaki Thiago Alcantara ditekel oleh Miguel. Tetapi keberuntungan nampaknya menjauhi Messi, eksekusinya ke sisi kiri gawang mampu dihalau Diego Alves. Kesialan yang menerpa tim tamu tidak berhenti sampai disitu. Eric Abidal dan Gerard Pique, yang sudah berdiri bebas, juga tidak dapat memaksimalkan peluang. Serangan Barca terus mengalir, berikutnya giliran Dani Alvez. Bekerja sama dengan Messi, fullback Brasil itu melepaskan tendangan keras namun bola masih menerpa mistar gawang. Skor pun tetap sama. Pada menit 93, Messi kembali dapat peluang. Namun nampaknya partai itu memang bukan miliknya setelah sepakannya kembali melebar jauh dari gawang. Sampai lima menit waktu tambahan yang diberikan wasit habis, skor 1-1 masih bertahan di Mestalla. (net)

Milan Kalah, Allegri Senang MILAN, HALUAN — Pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri, mencoba melihat sisi positif dari kekalahan 0-2 di tangan Lazio, Kamis dini hari (2/ 2/12) WIB. Milan tak berdaya ketika bertandang ke Stadion Olimpico, markas Lazio, dalam pertandingan lanjutan Seri A, Kamis (2/2/2012) dinihari WIB. 'Rossoneri' tumbang dengan dua gol tanpa balas, masing-masing dicetak Hernanes di menit ke-76 dan Tommaso Rocchi lima menit sebelum pertandingan usai. Dalam wawancara usai pertandingan, yang dikutip dari inilah.com Allegri mengatakan kekalahan ini justru memberikan banyak pelajaran berharga yang akan menyehatkan timnya. "Kami bermain sangat baik melawan tim yang tidak memberikan kami banyak kesempatan. Tetapi, kekalahan ini tak menutup peluang kami meraih Scudetto,"

ujar Allegri sebagaimana dilansir Football-italia. "Musim ini masih panjang dan masih banyak waktu bagi kami untuk mendiskusikan masalah ini. Saya yakin kekalahan ini akan berdampak positif bagi kami dan membantu kami untuk lebih matang lagi." "Akhir-akhir ini, disebabkan terus meraih kemenangan, kami jadi tidak memiliki hasrat besar untuk meraih Scudetto. Oleh karenanya, saya yakin kekalahan ini bakal menyehatkan bagi kami," pungkasnya. Kekalahan ini menunjukkan tren bahwa Milan selalu saja gagal meraih kemenangan ketika berhadapan dengan tim-tim besar musim ini. 'Rossoneri' takluk dari Juventus, Napoli, Lazio, dan Inter. Kekalahan ini juga membuat Milan tertahan di posisi kedua klasemen dengan 43 poin, tertinggal satu angka dari Juventus. Tapi, Juve masih memiliki satu pertandingan sisa.(net)


16 O L A H R A G A

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

PIALA SURATIN GRUP B KLASEMEN

SEMENT ARA SEMENTARA

1 . SEMEN PADANG 2. PERSIBO 3. PERSEMA 4. PERSIBABANTUL 5. PERSIJA 6. PERSEBAYA 7. PERSIRAJA 8. AREMA 9. BONTANG FC 10. PSM MAKASSAR 11. PSMS MEDAN 12. PERSIJAP

7 7 6 6 8 6 6 5 7 4 6 4

4 4 3 3 2 3 2 2 1 1 1 0

3 1 1 1 4 0 3 2 3 2 0 2

T OP SKOR 6 Gol M. NUR ISKANDAR 5 Gol EDWARD WILSON 4 Gol SAMSUL ARIF EMIL B. MBAMBA

0 2 2 2 2 3 1 1 3 1 5 2

(13-4) (11-6) (11-10) (6-5) (13-13) (7-5) (8-9) (9-8) (4-7) (4-5) (5-12) (3-9)

15 13 10 10 10 9 9 8 6 5 3 2

PSP Cukur PSKB 9-0 PADANG, HALUAN — PSP Padang U-18 sukses mencukur PSKB Bukittinggi dengan skor meyakinkan 9-0 (4-0) pada laga lanjutan Kompetisi Liga Remaja PSSI Piala Suratin grup B yang dihelat Kamis (2/2) di Lapangan Sungai Sariak Padang Pariaman.

PERSIBO SEMEN PADANG PERSIBO PERSEMA

KLASEMEN SEMENTARA 1. PERSIPURA 2. PERSIWA 3. SRIWIJAYA FC 4. MITRA KUKAR 5. PERSIB 6. PERSISAM 7. PELITA JAYA 8. PERSELA 9. BALIKPAPAN 10.PERSIJA 11. PSPS 12.DELTRAS 13.PERSIDAFON 14.GRESIK 15.PSMS 16.AREMA 17.PSAP 18.PERSIRAM

10 10 10 9 10 10 10 9 9 7 9 9 9 10 9 10 9 9

7 6 6 6 5 5 4 4 4 4 4 3 2 2 1 1 1 0

2 2 1 1 3 1 2 2 2 1 0 2 3 3 6 3 3 2

1 2 3 2 2 4 4 3 3 2 5 4 4 5 2 6 5 7

(20-12) (17-12) (22-10) (20-10) (14-12) (16-14) (19-16) (16-12) (16-17) (12-3) (14-15) (10-12) (13-20) (13-30) (7-9) (10-20) (7-14) (9-27)

23 20 19 19 18 16 14 14 14 13 12 11 9 9 9 6 6 2

Hasil Pertandingan Rabu (1/2) Persisam Vs Arema 2-0 Hasil Pertandingan Kamis (2/2) Mitra Kukar Vs Persela 2-0 PSAP Vs Persiba Balikpapan 1-0 PSMS Vs Gresik United 0-0 TOP SKOR 8 Gol KEITH KAYAMBA SRIWIJAYA FC HILTON MOREIRA SRIWIJAYA FC 7 Gol ALBERTO GONCALVES PERSIPURA HERMAN DZUMAFO PSPS 6 Gol MARIO COSTAS PERSELA MARCIO SOUZA AREMA Patrich Wanggai Persidafon

AFC Nilai Keputusan CAS Belum Final JAKARTA, HALUAN — Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menilai bahwa keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang telah memenangkan gugatan klub kontestan Indonesia Super League (ISL) Persipura Jayapura atas PSSI itu belum final. "PSSI tidak perlu khawatir menanggapi berita ini. Sebab, saya pastikan bahwa ini baru sebatas keputusan sela atau belum final. Sedangkan keputusan akhirnya, baru dapat diumumkan 10 hari ke depan, atau terhitung sejak hari ini," kata James Johnson, Head Member Assosiations & Internal Relations AFC, kepada wartawan di sela-sela Rapat Kerja PSSI 2012, di Cisarua, Jawa Barat, Kamis. Menurut dia, kabar tersebut baru sebatas keputusan sela. Itu artinya, menurut dia, sama sekali tidak memiliki ketentuan hukum yang mengikat. Karena itu, James menambahkan, dalam rentang waktu sepuluh hari tersebut, CAS akan memanggil PSSI, AFC dan Adelaide United, notabene klub pengganti Persipura di Liga Champion Asia (LCA), untuk mendengarkan keterangan seluasluasnya terkait persoalan tersebut. Kasus ini bermula dari gugatan Persipura ke CAS yang menuding bahwa PSSI dan AFC telah melakukan penjegalan agar tim kebanggaan masyarakat Papua tersebut tidak dapat tampil mengikuti Liga Champions Asia (LCA). Bahkan, kabar yang meluas tersebut menyebutkan PSSI diwajibkan membayar nilai gugatan pada Persipura setara Rp10 miliar. PSSI sendiri mengaku bahwa langkah mereka tidak mendaftarkan Persipura Jayapura untuk mengikuti kompetisi LCA lantaran tidak mengikuti liga resmi di bawah PSSI, Indonesian Premier League (IPL). (ant)

Goal Getter Semen Padang FC Edward Wilson Junior memperhatikan gelandang, Mustofa Aji melakukan latihan fisik di Stadion H Agus Salim. jelang keberangkatan ke Aceh, untuk mengikuti lanjutan IPL, Minggu (5/2) menghadapi Persiraja Banda Aceh. RIVO SEPTI A

LAGA KANDANG HADAPI PRO DUTA

PSP Targetkan Menang PADANG, HALUAN – PSP Padang targetkan tiga poin dalam laga kandang perdana mereka kala menjamu Pro duta Medan Jumat (3/2) di Stadion Haji Agus Salim Padang, dalam laga lanjutan Indonesian Premier League (IPL) Divisi Utama. Disamping itu, dijadwalkan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin akan hadir melihat pertandingan perdana tersebut. Kekalahan di laga tandang menghadapi PS Bengkulu dengan skor tipis 0-1 serta takluk dari Persitara Jakarta Utara dengan skor 1-3, membuat tim pelatih Pandeka Minang berusaha bangkit dari keterpurukan. Pelatih Kepala PSP Padang Zulkifli “Aciak” Djamal kepada

Haluan Kamis (2/2) mengungkapkan punggawanya siap tempur untuk menghadapi Pro Duta. Skuad asuhan tim pelatih Zulkifli Jamal, Johan Syafril, serta Agus “Abin” Suardi ini dipastikan tidak diperkuat salah satu pemainnya M.Yusuf yang terkena akumulasi kartu kuning. “Kami saat ini buta dengan kekuatan lawan. Meski Pro Duta berada di papan atas klasemen grup 1, namun kami tetap akan berusaha untuk memenangkan pertandingan ini,” terangnya. Sementara ketua pelaksana pertandingan H.Nusirwan Zakariah mengatakan, PSP menyiapkan karcis untuk 5000 penonton. Karcis tribun terbuka dijual dengan harga 10 ribu rupiah, tribun tertutup 30 ribu rupiah, serta suporter dijual

dengan harga 5 ribu rupiah. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat Padang Kota dan Sumatera Barat untuk memberikan dukungan penuh terhadap tim PSP Padang agar meraih kemenangan perdana dan bisa bertahan di divisi utama liga PSSI. Sekretaris umum PT PSP Padang Minang Mandiri Nofiardi juga mengungkapkan, PSP Padang baru saja mendapat bantuan dari Komisaris PT Semen Padang 300 juta. “Direncanakan Bank Nagari juga akan memberikan bantuan untuk PSP Padang. Sebelumnya Asril “etek” juga telah memberikan bantuan lebih kurang 300 juta melalui PT Kinantan Jaya dan Hotel Bunda,” tukas Nofiardi. (h/rio)

PT Semen Padang Bantu PSP PADANG, HALUAN — Perserikatan Sepakbola Padang (PSP) Padang mendapat ‘suntikan’ dana dari PT Semen Padang (PTSP) untuk mengikuti Kompetisi Divisi Utama Liga Prima Indonesia (LPI) musim kompetisi 2011/2012. Bantuan dana sebesar Rp300 juta tersebut diserahkan Direktur Utama PTSP, Munadi Arifin yang diterima Ketua Umum PSP Padang, Mahyeldi Ansharullah di ruang kerja Dirut PTSP, Kamis (3/2). “Alhamdulillah, kami mendapat bantuan dana dari Semen Padang sebesar Rp300 juta ini. Dana ini sangat berarti untuk kelancaran tim mengikuti kompetisi divisi utama ini,” kata Mahyeldi yang juga sebagai Wakil Walikota Padang tersebut. Menurutnya, tim PSP Padang yang mengikuti kasta kedua IPL itu membutuhkan dana setidaknya Rp3 miliar selama satu kompetisi. Sedangkan dana yang baru terkumpul di Sekretariat PT PSP Minang Mandiri sebagai perusahaan yang menaungi kesebelasan PSP baru sekitar Rp600 juta-an.

“Semen Padang merupakan donator yang ketiga yang telah memberikan dukungan dana. Sebelumnya juga ada dari Bank Nagari dan satu lagi perusahaan milik tokoh masyarakat yang sangat peduli PSP juga. Kami berharap banyak lagi dukungan dari donator lain, baik di Padang maupun di rantau untuk menyukseskan perjuangan Pandeka Minang menuju kasta tertinggi kompetisi sepakbola tanah air,” katanya. Sementara itu, Dirut PT Semen Padang, Munadi Arifin didampingi Direktur Produksi, Toto Sudibyo, Sekretaris Perusahaan Firdaus dan Kepala Biro CSR, Ampri Setiyawan mengatakan, bantuan Semen Padang untuk PSP tersebut merupakan bagian program Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan non PKBL. Bantuan Rp300 juta itu diserahkan dua tahap dimana tahap pertama diserahkan Rp200 juta. “Bantuan yang diserahkan sekarang merupakan dana CSR non PKBL. Kedepan juga bisa dibantu melalui dana PKBL dan juga

anggaran promosi Semen Padang. Jika anggaran promosi, tentunya ada tulisan Semen Padang di kostum PSP,” kata Munadi. Dia mengharapkan PSP bisa kembali jaya meraih prestasi di dunia persepakbolaan tanah air. “Yang lebih kita harapkan, bagaimana PSP bisa memberdayakan anak-anak nagari dalam skuad tim. Kita tentunya tidak mau jadi penoton saja di rumah sendiri, tapi kita meonton anak-anak nagari kita mengadu skill di lapangan. Tidak saja PSP, tim Semen Padang juga kita harapkan demikian agar tidak lagi tergantung dengan pemain asing,” tambahnya. Toto Sudibyo yang juga sebagai Komisaris PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) yang menaungi kesebelasan Semen Padang FC menambahkan, PSP tak perlu khawatir dalam pendanaan. Jika PSP berprestasi, akan banyak sponsor yang mau membantu. “Oleh sebab itu, kita harapkan PSP kembali bangkit dan sukses menuju kompetisi tertinggi di IPL,” tambahnya. (h/vid)

Sembilan gol yang sukses diciptakan skuad asuhan Eri Sarief ini masing-masing dibukukan oleh, Rudi Arianto menit ke-7 dan 46, Apriyono menit 9 dan 70, Afriyogi menit 11, Khairul Azmi menit 25, M Jefri menit 60, 75, serta menit 80. Pelatih kepala PSP U-18 yang dihubungi Haluan, cukup bangga dengan penampilan anak asuhnya. Namun pelatih PPLP Sumbar ini sedikit menyayangkan permainan anak asuhnya yang banyak membuang peluang. “Sebenarnya kami bisa mampu menghasilkan lebih dari sembilan gol, namun anak-anak banyak menyianyiakan peluang tersebut yang seharusnya bisa menjadi gol. Disamping itu terlihat kerjasama tim masih belum padu, sebab ada sekitar delapan pemain yang baru masuk. Kemenangan ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi anak-anak agar mempu lolos ke tingkat regional,” terangnya. Dengan kemenangan tersebut, untuk sementara PSP memuncaki klasemen grup B dengan tiga poin unggul selisih gol dari Persepar Padang Pariaman yang juga sukses membukukan tiga poin. Selanjutnya pada Sabtu (4/2) mendatang PSP akan bertemu Persepar untuk laga penentuan lolos ke tingkat regional. Sementara sebelumnya jelang keberangkatan skuad Pandeka Minang Mudo ke Padang Pariaman, mereka dilepas oleh Walikota Padang DR Fauzi Bahar di Palanta kediaman Walikota Padang Kamis (2/2). Walikota Padang DR Fauzi Bahar langsung memberikan motivasi kepada pemain PSP yang akan berlaga tersebut, agar mampu memberikan hasil terbaik untuk Kota Padang. Fauzi Bahar mengatakan nama PSP sudah melengket oleh masyarakat pencinta sepakbola Kota Padang. PSP juga menjadi kebanggaan Sumatera Barat tentunya. Menurutnya, kekompakan dalam pertandingan sangat penting artinya dalam tim, tidak boleh ada ego masing-masing pemain dalam pertandingan. “Kita harus menang dengan sportifitas tinggi. Cara kita memenangkan pertandingan tersebut, persiapan latihan harus maksimal. Kekompakan, teknik, dan mental bertanding,” tukasnya. Pada laga lainnya di grup A, Persis Solok sukses memuncaki klasemen sementara usai menaklukkan PSLA Sicincin dengan skor 2-1. (h/rio)

Indonesia Punya Potensi JAKARTA, HALUAN — Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menilai sepak bola Indonesia sangat berpotensi menjadi nomor satu di kawasan Asia. "AFC melihat, Indonesia punya potensi besar untuk menjadi nomor satu di Asia. Potensi ini bisa dilakukan, asal semua pihak bisa bekerja sama," kata utusan AFC, James Johnson, yang menjabat Head Member Assosiations & Internal Relations AFC, saat memberikan sambutan dalam rapat kerja PSSI tahun 2012 di Bogor, Jawa Barat, Kamis. Menurut, potensi menjadi nomor satu di kawasan Asia dapat terwujud dengan catatan, semua pihak yang ada bisa bersatu dalam membangun skuad timnas yang tangguh. Pada kesempatan itu, James mengatakan, FIFA dan AFC hanya mengakui PSSI sebagai anggota. "Kami harap, semua persoalan yang dihadapi, bisa segera diselesaikan. Jika tidak, akan berdampak buruk bagi sepak bola Indonesia," ujarnya seperti dikutip dari Humas PSSI. Permintaan khusus juga disampaikan James kepada seluruh masyarakat sepak bola di Indonesia, agar turut aktif membantu PSSI dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Terutama dalam menyelesaikan hadirnya kompetisi di luar federasi. Sebab hadirnya kompetisi tersebut, sudah pasti akan menjadi masalah tersendiri bagi sepakbola Indonesia. "Semua harus bersatu dalam menyelasaikan masalah yang dihadapi. Termasuk seluruh warga masyarakat, sekiranya ingin menjadi nomor satu di Asia," tegasnya. Sementara itu, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin menegaskan PSSI tidak melanggar Statuta. "Saat ini, kita terus diganggu. Kita diisukan melanggar Statuta dan Kongres Bali. Padahal, tidak ada satu pasal pun dalam Statuta yang dilanggar. Demikian pula dengan keputusan Kongres Bali," kata Djohar. "Kita semua tidak boleh terpengaruh dengan gangguan. Banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan, demi kepentingan sepakbola nasional. Ini semua harus kita lawan dengan prestasi. Dan Alhamdulillah, anak-anak U-17 kita sudah memberikan tropi dari Hong Kong," katanya. (ant)

BERYL COPY CENTRE Grosir & Retail Sales, Service, Spare Part & Rental Mesin dari USA

Menyediakan Mesin Foto Copy Bermacam Tipe : CANON NP 6050 CANON IR 5000 CANON IR 6000 CANON IR 5020 CANON IR 6020 CANON IR 8500 CANON IR 6570 CANON IR 2200 CANON IR 3300

Dapatkan di : AUTHORIZED DEALER : THEO Cell Padang : JAYA Phone, LORUS Cell, HENDRA Ponsel. Bukittinggi : MUTIARA BARU Seluler, IGUANA Cell, ID Phone, Payakumbuh : ISTANA Ponsel, BENTENG Cell. Solok : HENDRA Ponsel, BUANA Cell, RATU PRIMA Cell, SINAR GIGI Cell. Pasaman : OZON Pasaman. Muara Labuh : HOMESTAY, PUJA Cell, Dharmasraya : RAJA Shop, Sawahlunto :CENDRAWASIH Cell. Alahan Panjang : SARI Cell

Website : www.virtu-v.com, info: info@virtu-v.com, fanspage: Virtuv V, Twitter: @virtuvindonesia

CANON IR 8500 = Rp.

IGD 24 jam

28 juta

BERYL COPY CENTRE

Hubungi : Jl. Veteran No. 50 Padang Telp. (0751) 32666 Jl. Nangka No. 40 Pekanbaru Telp. (0761) 61360 Jl. Sutan Agung No.07 Jambi Telp. (0741) 32495


O L A H R A G A 17

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

Atlet PASI Dipanggil PB

Westbrook Menangkan Thunder DALLAS, HALUAN — Oklahoma City Thunder memenangi pertarungan antardua tim raksasa Wilayah Barat dengan mengalahkan Dallas Mavericks 95-86 berkat 33 poin dari penampilan mengesankan Russell Westbrook, Rabu waktu setempat. Westbrook menghasilan lemparan kunci tiga angka saat waktu tersisa 32,2 detik pada kuarter keempat untuk membawa Thunder unggul tujuh poin, 92-85. Westbrook kemudian membantu memperkuat kemenangan dengan menghasilkan angka melalui satu dari dua lemparan bebas saat waktu tinggal 19,6 detik. Kevin Durant mengakhiri pertandingan dengan 23 poin dan 13 rebound dan Serge Ibaka menyumbang 11 rebound bagi Thunder yang mengumpulkan catatan terbaik dalam NBA, 17 kemenangan dan empat kekalahan. Jason Terry mencetak 25 poin dan Shawn Marion mengakhiri pertandingan dengan 12 poin dan 10 rebound bagi Mavericks yang tiga kemenangan beruntunnya berakhir. Marion memperoleh 11 dari seluruh poin yang dihasilkannya pada paruh pertama saat Dallas memimpin 52-49 menjelang memasuki kuarter ketiga. Thunder memimpin 71-66 pada akhir kuarter ketiga namun Mavericks berjuang untuk bangkit dengan menyamakan skor pada kuarter keempat sebelum Oklahoma City menutupnya dengan kemenangan. Rekor Dallas menurun hingga 149 pada musim ini ketika bintang forward mereka Dirk Nowitzki tampil kurang maksimal pada malam itu, hanya memasukkan dua dari 15 tembakan dari lapangan dan berakhir dengan delapan poin dan delapan rebound. (ant)

PADANG, HALUAN – Dua atlet dan satu asisten pelatih Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Barat dipanggil oleh Pengurus Besar (PB) PASI untuk mengikuti ajang SEA (South East Asia) Youth Championship yang digelar pada 27-29 April mendatang di Singapura. Kejuaraan SEA Youth Championship yang merupakan kejuaraan atletik tingkat remaja yang diikuti oleh negara anggota ASEAN yang diadakan setiap satu tahun sekali. Pemanggilan tersebut sesuai dengan surat yang dikirim PB

PASI kepada Pengprov PASI Sumbar bernomor 836/PB PASI/ ST.M/i/2012 tentang pemanggilan atlet dan pelatih pelatnas. Kedua atlet dan satu pelatih dari PASI Sumbar yang beruntung dipanggil bersama 17 atlet PASI lainnya dari seluruh In-

John Ballard, sebelumnya telah tampil memberikan pengayaan bagi pelatih cabang olahraga yang lolos PON awal tahun ini. Kemarin, ia kembali memberikan materi pada penataran pelatih level I yang diadakan KONI Sumbar dan FIK UNP. DOK

Pelatih Sumbar Digembleng Mentor Australia

Russell Westbrook

PENGOBATAN

ORIENTAL MEDICINE BP. DR.TM. MUHAMMAD,NSR,HS

dibatasi hanya untuk 30 peserta. “Kesempatan Kursus pelatihan ini sebaiknya dimanfaatkan oleh pelatih kita, karena akreditasi pelatih harus dipenuhi oleh setiap pelatih dan harus lulus terlebih dahulu jika ingin berkecimpung dalam dunia kepelatihan, apalagi ini berlebel internasional,” ujar Ketua Umum KONI Sumbar, Dr. H. Syahrial Bakhtiar, M.Pd, didampingi Dekan FIK, Drs H. Arsil, M.Pd dan Sekum, Indra Jaya, SH, MH., Kamis (2/2). Sementara Arsil mengungkapkan pelatihan pelatih level 1 diharap bisa mencetak pelatih andal dan kompeten demi menunjang prestasi atlet Sumatera Barat. Pelatih cabang olahraga harus dapat meningkatkan performa para atlet sehingga dapat dengan tepat dalam menerapkan program pembinaan, melalui kegiatan tersebut nantinya dapat memberikan manfaat positif dalam menambah pengetahuan bagi para pelatih. Dengan begitu, diharapkan nantinya dapat terimplikasi positif bagi perkem-

ALAMAT PRAKTEK: Jl. Pasar Baru II No. 49 A RT.02 RW.II Kel. Kampung Jao Kec. Padang Barat-padang ( Jl. Ratulangi +50M dari Radio Arbes FM)

MENGOBATI SEGALA MACAM JENIS PENYAKIT LUAR DALAM, BARU LAMA MAUPUN KRONIS Kami mengobati segala macam/jenis penyakit dengan menggunakan bantuan terapi Timur-Barat dan Ramuan Obat Alami yang telah dipakai hampir seluruh bangsa di dunia. Bahkan kini telah diuji oleh pakar/Ahli secara klinis terbukti aman,ampuh, manjur mujarab serta tidak menimbulkan efek samping sama sekali!!!!. Anda menderita penyakit yang tertulis di daftar atau tidak disini segeralah ke alamat kami !!! Isyaallah kami siap membantu dan menunggu kedatangan Anda. Kulit muka anda keriput ???Kami juga menyediakan ramuan kecantikan (Obat Awet Muda) Air muka anda bisa terlihat lebih muda puluhan tahun dari usia sebenarnya. Kami juga kerjasama dengan Prof. DR. Hembing Wijaya Kusuma dan Prof. DR. Nurdin Ibrahim dalam meramu (meracik)

UNTUK UMUM AWET MUDA LUMPUH/STROKE KURAP PANU BELUM PUNYA ANAK DARAH KOTOR KENCING MANIS LEKEUMINIA TUMOR/KANKER ALERGI GONDOK/POLIP GANGGUAN SARAF HERNIA/T.BOROK STRESS/GELISAH MAAG/ULU HATI TELAPAK KAKI TANGAN BAU BADAN/MULUT BERKERINGAT JERAWAT/BISUL KANKER PAYUDARA MATA KATARAK/RABUN

di kancah nasional. Disamping itu rencananya kami akan adakan pertemuan dengan Ketua Umum Pengprov PASI Sumbar tanggal 6 Februari sebelum mereka mengikuti Pelatnas di Jakarta,” terangnya. Dikabarkan atlet dan asisten pelatih yang dipanggil tersebut harus masuk pelatnas pada 8 Februari

M. Hafiz

HUB: HP 081374058709 VARISES/A. URAT PLEK HITAM DI WAJAH SEX DINGIN LK/PR AYAN/EPILEPSI KULIT BELANG PILEK MENAHUN INGIN GEMUK/LANGSING AMBIEN/WASIR SAKIT GIGI K.BATU/GINJAL

ASTHMA/S.NAFAS TBC BATUK DARAH SYPILIS/R.SINGA RHEUMATIK/ENCOK LIVER/S.KUNING DARAH T/RENDAH AMANDEL JANTUNG KORONER EXIM/GATAL-GATAL BATUK DARAH

PARU BOCOR TELINGA BERAIR TELINGA BERNANAH LEPRA/KUSTA KEPALA SAKIT SUSAH TIDUR DIARE/DISENTRI SEMBELIT/SINUSITUS MIMISAN DLL

bangan olahraga Sumatera Barat dimasa mendatang. “Dibuka kesempatan seluasluas kepada seluruh pelatih Pengprov, Pengcab dan KONI kabupaten dan kota seluruh Sumbar agar mengikuti pelatihan dengan serius dan bisa mengembangkan ilmu kepelatihan ini dengan baik. Dari pelatih lah akan tercipta atlet andal di setiap kabupaten dan kota dan kkhusus menangani atlet potensial,” imbuh Indra Jaya . Indra Jaya menambahkan, dalam penataran pelatih level 1 ASCA nanti terbatas quotanya, maka dihimbau dari 19 kabupaten dan kota untuk mendaftar segera mungkin. “Saya berharap agar kedepan lahir pelatih-pelatih yang mempunyai visi dan misi yang lebih baik dari sekarang. Seorang atlet tak akan bisa dicetak prestasinya setinggi mungkin tanpa peran dari seorang pelatih,” ujar Indra Jaya sembari merinci untuk masingmasing peserta yang ambil bagian dalam penataran ini dipungut iuran pendaftaran 5 juta rupiah. (h/rio)

BANDAACEH, HALUAN — Pengurus provinsi PASI Aceh menargetkan meraih satu medali emas cabang atletik pada PON ke-18 di Pekanbaru, Riau, September 2012. Ketua Umum PASI Aceh Amiruddin di Banda Aceh, Kamis mengatakan, tujuh atlet yang berhasil lolos PON itu akan dipersiapkan secara maksimal untuk meraih medali. Pada PON XVII/2009 di Kalimantan Timur, PASI Aceh berhasil meraih satu medali emas melalui Syahrial, atlet yang turun berlomba pada nomor lompat tinggi. Pada PON di Riau, atlet lompat tinggi Aceh ini tetap menjadi andalan meraih medali emas, ujarnya. Amiruddin menyebutkan, ke tujuh atlet PASI Aceh yang lolos PON diantaranya yaitu

KHUSUS PRIA

PADANG, HALUAN — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bekerja sama dengan Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Sumatera Barat menggelar seleksi pebalap untuk diikutkan dalam Tour de Singkarak (TdS) 2012. "Sesuai dengan kesepakatan dengan ISSI Sumbar, kami akan melakukan seleksi atlet untuk diikutkan dalam TdS 2012," kata Wakil Ketua Umum KONI Sumbar Bidang Pembinaan dan Prestasi Handrianto di Padang, Kamis. Ia menjelaskan, ikutnya KONI dalam seleksi pebalap dalam kegiatan tahunan yang akan digelar mulai 4 hingga 10 Juni 2012, itu merupakan langkah awal persiapan Sumbar dalam mencari pebalap potensial yang mampu berprestasi pada ajang tersebut. Lebih lanjut Handrianto mengatakan, seleksi yang akan dijadwalkan Maret tersebut akan melibatkan seluruh pebalap yang tergabung dalam cabang ISSI seSumbar. "Untuk tempat pelaksanaan seleksi kami merencanakan di Kota Solok, dengan melibatkan pengcab ISSI Solok," katanya. Menyinggung tentang jumlah pebalap Sumbar yang akan diturunkan dalam iven yang ke-empat ini, Handrianto mengatakan masiha dalam tahap pembahasan oleh KONI

KHUSUS WANITA

Memperbesar/memperindah Payudara, merapatkan vagina, (bisa seperti perawan lagi) Pektay, keputihan, terlambat bulan, dll. Semua penyakit lama, parah, kronis, menahun

Sebenarnya separah apapun penyakit yang kita derita ada obatnya, sebab zat yang menurunkan penyakit juga menurunkan obatnya. Hanya kita sajalah tempatnya lalai dan lemah, tidak yakin, malas berobatg, ragu-ragu,, tidak sabar ingin cepat-cepat sembuh dan lainya. Lihat dan bacalah sejarah dari mulai manusia pertama diciptakan sampai dengan setengah dan satu abad yang lalu. Penduduk seluruh dunia belum mengenal obatobat campuran kimia, tapi selalu menggunakan obat-obat ramuan alami. Orang sehat-sehat, kuat-kuat, panjang umur dan tak pernah terdengar penyakit yang tak bisa tertolong lagi. Cobalah lihat sekarang ini obat dan peralatanya canggih lagi modern. Ada yang salah bedah. Maal praktek, ada penyakit yang divonis tak ada obatnya lagi. Ada pasian yang diramal disini hidupnya beberapa hari lagi dan tidak ada manfaatnya dicerita panjuang lebar sendiri. Nah! Pastikan jangan tunda lagi mari kembali keramuan obat alami segeralah ke alamat kami sebelum terlambat!!! Kami siap menolong anda dengan ramuan asli kami!!! Yang namanya pengobatan alternative dan mengaku-ngaku menggunakan obat ramuan saat ini sangatlah banyak dan mungkin cukuplah mebingungkan kita semua. Ada yang menawarkan cukup sekali berobat penyalitnya langsung sembuh beberapa hari lantas angkat kaki ada yang ambil uang ratusan dan jutaan. Ada yang bikin nama aneh-aneh dan masih ada trik-trik dan lainya. Hanya untuk mengeruk keuntungan mereka semata bahkan mungkin dengan ulah merekalha dimata anda sangat terpuruk citra pengobatan ramuan alami saat ini. ingat jangan samakan pengobatan Oriental Medicine dengan lainya kami juga sediakan obat ramu dan racik sendiri. Ramuan-ramuan langsung bisa dibawa pulang. Ngomong-ngomong soal obat ramuan alami pasti biayanya sangatlah murah. Kami tidak asal tulis murah. Buktikanlah ke alamat kami!!!konsultasi dan Tanya-tanya dulu!!!Cuma Pemeriksaan saja dikenakan biaya Rp 20.000 (sepuluh ribu rupiah)

Insya Allah kami juga menobati penyakit non fisik (batin) digunaguna santet. Usaha macet, jodoh, pemanis, mental ada gangguan akibat obat-obat terlarang. Ingin rumah tangga rukun anak-anak cepat cerdas dan lainya.

Alamat sangatlah mudah semua buskota/semua kendaraan yang melewati Jl. Ratulangi +50 m dari Radio Arbes FM. Lihat Plang pengobatan Oriental Medicine. Minta Turun di Jl. Pasar baru

PRAKTEK BERIZIN, MENETAP DAN TIDAK TUTUP-TUTUP LAGI, CATATLAH ALAMAT INI BAIK-BAIK, KAPAN-KAPAN PERLU BISA DIPERGUNAKAN

Supriadi nomor lempar lembing putra, Irvan nomor lari 400 meter, Syahrial, M Razi (lompat tinggi), Fadli (lompat jauh). "Kita akan persiapkan atlet ini dengan baik dalam menghadapi PON," ujar Amiruddin yang baru sebulan terpilih sebagai Ketua Umum PASI Aceh periode 2011-2015. Ia menyebutkan, PASI Aceh menetapkan target dapat meraih satu medali emas dari nomor lompat tinggi atas nama Syahrial. "Target meraih medali di PON mendatang, juga kita harapkan kepada atlet nomor lainnya. Semua atlet PASI Aceh yang lolos PON kita persiapkan semaksimal mungkin dan semua diharapkan bisa meraih medali pada PON nanti," katanya. (ant)

KONI-ISSI Seleksi Pebalap TdS 2012

Ingat!!! Jangan salah pilih, pengobat alternative Oriental Medicine, kalau ragu-ragu boleh dicoba-coba dulu, kalau berkhasiat baru berobat. Biaya obata hanya Rp. 1000,- semacam obat untuk sekali minimum!!!(Paling Mahal Dari Rp 5.000,- sampai Rp. 15.000,- Perhari minum obat) Pemeriksaan dan konsultasi di kenakan biaya Rp. 20.000,- atau boleh juga semampu anda kecuali Khusus pria/wanita dan penyakit parah/kronis lainya tapi boleh juga nego-

Impoten/lemah syahwat (syahwat mati bisa hidup kembali) memperbesar zakar/alat vital, mani encer, dll) semua penyakit lama, parah, kronis, menahun

2012. Ketua Pengprov PASI Sumbar S.Budi Syukur menyebutkan atlet PASI Sumbar yang dipanggil ke ajang Internasional diharapkan bisa berbicara sehingga dapat menambah jam terbangnya. “Mereka masih muda, karenanya, iven seperti ini layak mereka ikuti untuk dapat mengukur kemampuan mereka agar bisa bersaing nantinya. (h/ rio)

PASI Aceh Targetkan Satu Emas PON

PADANG, HALUAN — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP) akan menggelar Penataran Pelatih Level 1, 17-21 Februari mendatang. Kegiatan ini dikabarkan akan menghadirkan pelatih berkelas dunia yakni Robert John Ballard, dan Dr Greg J Wilson Ph.D dari ASCA (Australia Strength Conditioning Association). Materi pelatihan difokuskan pada Training Theory, Coaching Theory, Speed Development, Strength Development, Endurance, Flexibility, Planning of Training, Assessment of the Athlete, Injury Prevention, Management and Rehabilitation, Nutrition and Drugs in Sport, Recovery Methods, Special Populations, Risk Management and Legal and Ethical Issues. Pelatih yang lulus, nantinya akan mendapatkan sertifikat pelatih internasional level 1, yang diterbitkan langsung oleh ASCA. Peserta tidak saja dari Sumatera Barat, juga diikuti provinsi lainnya di pulau Sumatera, sementara quota

BUKA TIAP HARI Jam 08.00-22.00 WIB HARI MINGGU/BESAR TETAP BUKA Hp. 081374058709 atau sms aja Pasti dibalas

donesia tersebut yakni, M.Hafiz dan Aprilia Kartina nomor 1000 meter putra dan putri. Sementara asisten pelatih Sumbar yang dipanggil oleh PB PASI adalah M.Ridwan. Sekretaris Umum Pengprov PASI Sumbar Arfan Rusyda kepada Haluan Kamis (2/2) mengaku bangga dan bersyukur kedua atlet muda andalan Sumatera Barat dipercaya PB PASI untuk mengikuti kejuaraan internasional tersebut. “Tentunya kami sangat bangga, atas torehan prestasi yang diraih oleh putra dan putri terbaik ranah minang tersebut. Karena mereka telah berhasil mengharumkan nama Sumatera Barat

CALL CENTRE

24 JAM

dan pihak ISSI Sumbar dan mengacu pada ketentuan panitia TdS nantinya. Ia menambahkan, setelah merekrut pebalap dalam seleksi tersebut, KONI akan melakukan pemusatan latihan dengan menjalankan berbagai program peningkatan prestasi, baik peningkatan fisik maupun teknik dalam mengikuti perlombaan tersebut. "Setelah menjalani pemusatan latihan, kami juga merencanakan melakukan seleksi tahap akhir untuk menentukan pebalap yang akan mewakili Sumbar pada iven tersebut," katanya. Ia mengharapkan, denga adanya seleksi tersebut, akan terpilih atlet terbaik yang mampu berprestasi dan mengembalikan kejayaan olahraga balap sepeda Sumbar yang selama ini tidak mampu "berbicara" pada ajang itu. Pada TdS 2011, tim balap Sumbar menurunkan lima pebalapnya, namun ke-lima pebalap tersebut gagal bersaing dengan tim balap sepeda dari negara lainnya seperti Iran, Malysia dan tim dari China. Dari data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumbar, TdS 2012 akan melalui 14 dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar. Para pebalap akan memulai perlombaan dari Kota Sawahlunto dan diakhiri di Kota Padang. (ant)


18 BUKITTINGGI DAN AGAM SANJAI SMP 3 Lubuk Basung Remajakan Pohon Pelindung LUBUK BASUNG, HALUAN — Komite SMPN 3 Lubukbasung Kabupaten Agam, melakukan peremajaan pohon pelindung dengan menanam 350 batang bibit pohon, di halaman sekolah setempat. Wakil Kepala Bidang Humas Hermanto, S. Pd mengatakan, kegiatan ini sengaja disusun sebagai sekolah percontohan di Kabupaten Agam, untuk menjaga pohon pelindung. Menurutnya, kegiatan tersebut mendapat sambutan positif, terutama dalam menciptakan suasana sekolah yang sejuk, nyaman dan menyenangkan dengan melengkapi sarana dan prasarana pendukung. Sehingga berbagai program dilakukan untuk melakukan pembenahan baik pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Untuk itu, pihaknya dalam proses pembelajaran SMP Negeri 3 Lubuk Basung melaksanakan kegiatan pembelajaran lima hari seminggu, (Senin s/d Jumat). Sedangkan hari Sabtu sekolah melaksanakan berbagai kegiatan dalam pengembangan bakat dan prestasi siswa. Sehingga, setiap Sabtu pagi, semua siswa dan guru dengan jumlah 850 orang itu melaksanakan gerak jalan santai sekaligus melaksanakan kegiatan sosial di tengah-tengah masyarakat, dengan kegiatan memungut sampah sepanjang perjalanan yang dilalui. Dalam program berikutnya dimulai semester I tahun pelajaran 2012/2013 pihaknya menerapkan, kegiatan sosial kemasyarakatan menjadi program wajib bagi semua siswa. Artinya, setiap siswa selama belajar di SMP Negeri 3 Lubuk Basung harus melaksanakan kegiatan bakti sosial minimal selama 20 jam baik dilaksanakan secara individu maupun secara berkelompok. (h/amc)

64 Guru Agam Timur Ikuti PKG dan PKB AGAM, HALUAN — Sebanyak 64 guru di Agam wilayah timur, Kabupaten Agam, mengikuti sosialisasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), di SMAN Negeri 2 Tilatang Kamang. Kepala Sekolah SMA 1 Tilatang Kamang, Edi Rahmana, S.Pd mengatakan, semua peserta ini berasal dari 12 sekolah di Agam wilayah timur.Pelatihan tersebut dilaksanakan di aula SMAN 1 Tilatang Kamang yang beralamat di Pekan Kamis, pada Kamis dan Jumat, tanggal 2 dan 3 Februari 2012, dengan jumlah peserta 64 orang guru dan kepala sekolah. Fasilitator kegiatan tersebut dari LPMP Sumbar, Drs. Derismen dan Drs. Hamdani, M.Pd. dari Pengawas Pendidikan Disdikpora Agam. Sosialisasi PKG dan PKB ini agar cepat diketahui oleh para guru dan pimpinan sekolah sehingga efektif pemberlakuannya menurut Permendiknas No. 35 tahun 2010 mulai Januari 2013 sudah diketahui oleh semua para pendidik. Regulasi yang terkait dengan PKG dan PKB antara lain, Permen PAN dan Reformasi Birokrasi No. 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Peraturan Bersama antara Mendiknas dan Kepala BKN No. 14 tahun 2010 tentang Juklak Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Permendiknas No. 35 tahun 2010 tentang Juknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dan Permendiknas No. 38 tahun 2010 tentang Penyesuaian Jabatan Fungsional Guru. Edi Rahmana, S.Pd. menyebutkan bahwa PKG dan PKB ini perlu disikapi dengan cepat agar nantinya setelah efektif berlaku para guru tidak ada lagi yang tidak mengerti, atau tidak memahami. Sehingga mulai dari sekarang diharapkan para guru sudah mempersiapkan diri dari semua implikasi dan implementasi dari PKG dan PKB tersebut. (h/amc)

Bukittinggi Bangun MCK Berteknologi Tinggi BUKITTINGGI, HALUAN — Kota Bukittinggi tahun ini akan membangun tempat mandi cuci dan kakus (MCK) berteknologi tinggi yang dikenal dengan an aerobic baffled reactor. “Pembangunan MCK itu diutamakan di lokasi pemukiman masyarakat yang tidak memiliki akses sanitasi pembuangan yang memadai,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bukittinggi Ir. H. Zet Buyung didampingi Kepala Bidang Cipta Karya Eldi Efra kepada wartawan Kamis kemarin Dana untuk pembuatan MCK itu, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,5 miliar. MCK berteknologi “an aerobic baffled reactor” itu jelasnya, selain dapat dimanfaatkan untuk sanitasi masyarakat, juga menghasilkan energi listrik jika tinja telah mengeluarkan uapan. MCK yang dibuat itu, katanya, akan disesuaikan dengan standar kesehatan lingkungan. Dimana air kotor tidak mengalir keluar atau air tidak meresap ke tanah serta tidak masuk ke saluran air, gorong-gorong, kanal kecil, atau got yang ada di sekitarnya. Selain membuat MCK, pihaknya juga akan membuat saluran limbah, khususnya di pemukiman masyarakat yang tidak mempunyai aliran limbah yang aman dan memadai. Tak hanya itu, tambah Eldi Efra, PU juga akan mewacanakan pembuatan septik tank komunal sehingga WC di rumah-rumah pribadi tidak perlu lagi memiliki septik tank sendiri melainkan dapat memakai septik tank komunal itu. (h/rdw).

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

“Bujang Sambilan” Mulai Beroperasi AGAM, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Agam, mulai mengoperasikan kapal motor cepat (speed boat) bantuan dari pemerintah pusat di Danau Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika Kabupaten Agam, Maryuni mengatakan, kapal bantuan dengan nama Bujang Sembilan ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. “Kita berarap kapal itu bisa berfungsi sebagai penjaga per-

airan danau dan membantu anak nagari untuk berbagai keperluan, terutama untuk membantu korban bencana,” ujar Maryunis. Menurutnya, kapal seharga Rp2 miliar lebih itu merupakan kapal yang bisa digunakan untuk evakuasi masyarakat saat bencana, penelitian atau sebagai sarana transportasi di Danau, Maninjau termasuk penunjang kegiatan pariwisata tentunya. “Petugas dan nakhoda sudah disiapkan sebanyak dua orang oleh pihak dinas dan ini bertujuan untuk menunjang kelan-

caran peralatan kapal tersebut nantinya,” katanya. Disamping itu, kapal motor dengan kekuatan mesin 230 PK itu, juga bisa dimanfaatkan para wisatawan. Hal itu memungkinkan, karena kapal motor itu dilengkapi dengan peralatan mewah, termasuk pendingin udara (AC). Pemberian nama kapal motor dengan nama Bujang Sambilan, menurut Wali Nagari Koto Malintang, N. Dt. Palimo, sudah sangat tepat, karena nama ini mudah diingat dan sudah merakyat di Tanjung Raya. (h/amc)

Kapal motor cepat Bujang Sambilan yang mulai beroperasi di Danau Maninjau. AMC

DUGAAN KORUPSI ISLAMIC CENTER

Mantan Anggota DPR RI Diperiksa BUKITTINGGI, HALUAN — Mantan anggota Komisi III DPR RI, periode 2004-2009, Nursyamsi Nurlan SH, yang juga sebagai Ketua Yayasan Islamic Center, akhirya diperiksa intensif di ruang Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Bukittinggi. Pemeriksaan, yang dimulai sejak pukul 09.00 hingga 20.00 WIB, Kamis (2/2) kemarin. Belum ada keterangan jelas yang diberikan Kasi Pidsus Hutagaol kepada wartawan tentang apa saja pertanyaan yang diajukan jaksa kepada politisi PBB itu. Namun, dari informasi yang diperoleh Haluan, Nursyamsi dicecar 30 pertanyaan lebih. Diperiksanya Nursyamsi Nurlan, terkait kasus dugaan korupsi pembangunan gedung Islamic Center di Gulai Bancah tahun anggaran 2007/2008 lalu. Kegiatan pembangunan telah menghabiskan dana negara yang bersumber dari APBD Kota Bukittinggi Rp4,5 miliar dan bantuan APBD Provinsi Sumbar Rp1 miliar. Namun sumber-sumber di Kejaksaan menyebutkan, pemeriksaan Nursyamsi masih dalam Puldata dan Pulbaket dengan meminta keterangan kepada seluruh komponen terkait, termasuk si pelapor dari LSM ARAK. Saat ini, pihak Kejaksaan sedang menurunkan tim dari Kanwil Dinas PU Sumbar yang bersertifikasi untuk mengaudit bangunan tiang-tiang gedung Islamic Center yang terbengkalai yang bernilai Rp5,108 miliar. Dari hasil audit ini, baru pihak Kejaksaan akan mengambil kesimpulan, apakah bangunan yang seperti sekarang ini wajar dengan nilai Rp5,108 miliar. Untuk itu, LSM ARAK meminta kepada tim audit DPU Sumbar agar betul-betul jujur, amanah dan transparan dengan hasil auditnya. Jangan ada yang ditutup-tutupi di sini demi melindungi kepentingan orang-orang tertentu yang terlibat langsung dengan pembangunan Islamic Center. Dalam pemeriksaan Jaksa Pidsus kemarin, salah seorang pengurus Yayasan Islamic Center lainnya, Prof DR Rahman Ritonga, juga tampak hadir di Kejaksaan Negeri Bukittinggi. Namun yang bersangkutan pulang lebih awal sekitar pukul 16.00 WIB sore kemarin. (h/jon)

PERIKSA — Mantan anggota Komisi III DPR RI, periode 2004-2009, Nursyamsi Nurlan SH, yang juga sebagai Ketua Yayasan Islamic Center, sedang diperiksa Kasi Pidsus Hutagaol, Kamis (2/2) kemarin. JON INDRA

Status Tanah Belum Jelas Gedung Parkir Tetap Dianggarkan BUKITTINGGI, HALUAN — Rencana pemanfaatan lahan eks Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar yang berada di Bukittinggi untuk menjadi lahan parkir dengan rencana pembangunan gedung lima tingkat telah mendapat izin persetujuan melalui surat keputusan gubernur. Kini, proses pembangunannya masih menunggu selesainya proses hibah yang ditindaklanjuti oleh bagian aset pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Pemprov Sumbar. Untuk itu tahun ini, Pemko Bukittinggi menganggarkan dana sebesar Rp11 miliar dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2012, yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan gedung

parkir tahap pertama. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir Zet Buyung kepada Haluan mengatakan, pembangunan gedung parkir saat ini memasuki proses tender, yang diserahkan pada unit layanan pengadaan barang dan jasa, untuk mencari investor yang layak menjalankan pembangunan gedung parkir tersebut. Diungkapkan Zet Buyung, gedung parkir akan dibangun lima lantai dengan kapasitas daya tampung 300 unit kendaraan roda empat, sehingga diharapkan dapat mengurangi masalah terkait parkir. Apalagi hingga saat ini lokasi parkir yang memadai sangat minim terutama pada saat momen liburan. Zet Buyung berharap, proses tender pembangunan gedung parkir dapat tercapai dalam waktu dekat. Sehingga

target pengerjaan berjalan secara maksimal pada tahun ini, dan berlanjut dengan tahap kedua pada tahun 2013, dengan total anggaran keseluruhan mencapai Rp24 miliar. Menyikapi rencana pemko tersebut, aktivis Aliansi Rakyat Anti Korupsi (ARAK) Tasmon, menyatakan akan menggugat pemko tentang masalah ini, terkait dengan belum adanya kejelasan status tanah. “Pada prinsipnya kita mendukung pembangunan gedung parkir karena diharapkan menjawab salah satu permasalahan di Bukittinggi. Tapi kita minta status tanahnya dijelaskan dulu. Kalau memang hibah, kita tentu harus memperlihatkan surat hibahnya kepada DPRD dan pada masyarakat agar tidak terjadi keributan di belakang hari,” ujarnya.

“Kalau statusnya hanya pinjam pakai, seandainya suatu hari nanti diperlukan oleh si pemiliki tanah dan diambil alih, siapa yang bertanggung jawab mengalirkan uang APBD ke pembangunan gedung parkir di tanah pinjam pakai tersebut? Kita tidak mau hal ini akan terjadi seperti kasus Islamic Center yang kedua,” tambah Tasmon. Dia berharap, pemko sesegera mungkin menyelesaikan status tanah ke pihak provinsi. Jangan sampai uang Rp11 miliar ini menjadi silpa diakhir tahun 2012 ini. “Kalau memang tidak ada jalan untuk menyelesaikan status tanah menjadi milik pemko, dalam anggaran perubahan segera dialihkan ke pos-pos lain yang dibutuhkan masyarakat,” nasehat Tasmon. (h/jon)

LUBANG BESAR MENGANGA DI SIMPANG ACEH BATU PALANO

Banyak Kendaraan Nyaris Masuk Jurang BATU PALANO, HALUAN — Lubang di jalan raya Batu PalanoSungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, tepatnya di Simpang Aceh, menganga begitu besar dan digenangi air. Jurang dalam dengan kedalaman sekitar 50 meter juga berada di pinggir jalan tersebut. Akibatnya kendaraan yang sesekali melintas di jalan tersebut, gara-gara menghindari lubang, seringkali justru nyaris masuk jurang. Untuk mengingatkan pengendara, warga Nagari Batu Palano berinisiatif memancang bambu dalam lubang di badan jalan itu sebagai tanda. Salah seorang warga sekitar, Eti, kepada Haluan menceritakan, lubang jalan yang menganga lebar di jalan itu sudah bertahun-tahun dibiarkan Pemkab Agam. Meskipun warga sudah berulangkali memperbaiki secara swadaya, namun akhirnya tetap saja kembali dihanyutkan air ke dalam jurang yang ada di dekat lubang tersebut. “Ya, yang namanya masya-

rakat bergotong royong tanpa dana segar, tentu hanya bisa menimbun dengan tanah dan pasir. Kalau hujan, timbunan tanah dan pasir itu dihondoh kembali oleh air ke dalam jurang,” kata Eti. Dikatakannya, air yang menggenangi badan jalan tersebut berasal dari aliran sungai di Kapalo Koto yang langsung melintasi badan jalan. Seharusnya Pemkab Agam membangun drainase di pinggir badan jalan untuk aliran air agar jalan tidak tergenang dan runtuh akibat kelembaban. “Kalau Pemkab Agam mau membantu kami, berapalah biaya pembeli gorong-gorong aliran air. Tapi bantuan fisik sekarang kan sudah pincang. Sama paham sajalah kita Pak,” kata Eti yang merasa pesimis dengan kemungkinan datangnya bantuan dari Pemkab Agam. Wali Nagari Batu Palano, Khaidir, mengaku sudah memberitahukan kondisi jalan kelas C itu kepada pihak Dinas PU

Inilah jalan Batu Palano yang rusak, lobang menganga dan air tergenang sehingga membahayakan pengendara bila melintas.JON INDRA Agam. Tapi tak pernah ditanggapi. “Ya, mungkin jalan itu baru diperbaiki setelah ada orang mati di jalan itu akibat terjatuh

atau tabrakan. Biar sajalah, apa yang akan terjadi,” kata sang wali nagari. Sekretaris Komisi III DPRD

Agam Yosiano Mukhtar, yang juga wakil rakyat Dapil V daerah itu, sangat kesal dengan perlakuan Pemkab Agam yang terkesan beranak tiri anak kandung dalam membangun Kabupaten Agam. Sebab, terang politisi PPP itu, jauh hari dia sudah memberitahu Kepala Dinas PU Agam, tapi sampai hari ini dilengahkan saja. Padahal jalan itu adalah jalan alternatif satu-satunya Bukittinggi-Payakumbuh atau Bukittinggi-Padang ketika terjadi macet di jalan raya BukittinggiPadang. Bahkan dia berjanji akan membawa masalah itu ke jalur pidana dengan UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas, jika ada warga daerah itu sampai ada yang mati atau terjadi pelanggaran lalulintas di sana. “Karena jalan tersebut makin hari makin rusak, makin hari makin parah. Lalu Bupati Agam akan biarkan saja jalan utama alternatif itu rusak sampai merenggut nyawa pengendara,” kata anggota DPRD Agam tiga periode ini. (h/jon)


PAYAKUMBUH DAN LIMAPULUH KOTA 19

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

Jaringan Irigasi Koto Panjang Diresmikan PAYAKUMBUH, HALUAN — Puluhan petani di Kelurahan Koto Panjang Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, merasa lega dan gembira menyaksikan peresmian irigasi untuk pengairan sawah mereka. Pasalnya, pembangunan jaringan irigasi usaha tani sepanjang 110 meter, telah rampung dikerjakan sejak awal Januari 2012. Wakil Walikota Payakumbuh, H.Syamsul Bahri, langsung meresmikan pemakaian saluran irigasi tersebut, Kamis (2/2). Acara peresmian ditandai dengan pembukaan

pintu air pada areal persawahan petani setempat. Tampak hadir Kadis Pertanian Ir. Benni Warlis, Camat Payakumbuh Timur, Yunida Fatwa, S.Sos, Lurah Koto Panjang, Ganti Warnis dan puluhan petani kelurahan setempat. Informasi yang diperoleh, pembangunan saluran irigasi sepanjang 110 meter itu, dikerjakan secara swakelola oleh petani setempat yang diawasi secara teknis oleh Dinas PU Kota Payakumbuh. Biaya pekerjaannya memanfaatkan dana Bansos Kementerian

Suhu Politik Kian Hangat PAYAKUMBUH, HALUAN — Suasana menjelang penjaringan pasangan calon oleh partai politik yang akan mengusung kandidat pasangan calon kepala daerah pada Pemilukada di Kota Payakumbuh, makin menghangat. Kandidat yang telah mendaftar ke partai maupun koalisi partai, segera akan dijaring parpol untuk diusung sebagai pasangan calon kepala daerah/wakil kepala daerah untuk bertarung di Pemilukada 2012. Informasi yang berhasil dikumpulkan, Partai Demokrat yang mengusung satu satunya calon kandidat kepala daerah, petahana H. Syamsul Bahri, disebut sebut akan berpasangan dengan Ennaidi Dt. Anggung, pensiunan Dinas Pengelola Keuangan dan Arsip Pemko Payakumbuh. Pasangan tersebut dinilai masyarakat sangat serasi, mewakili Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Utara. Sedangkan dari Partai Golkar, sebagai calon kuat walikota mucul nama Sukri Bey dengan Riza Falepi. Namun sejauh ini Partai Golkar belum memutuskan siapa yang akan diusung partai itu untuk menjadi orang nomor satu. Kalau salah satu kandidat itu muncul ke permukaan, pasangannya disebut sebut Mahnizul, anggota DPRD Kota Payakumbuh. Riza Falepi yang juga akan diusung Partai PKS itu, sangat tepat bila berpasangan dengan Mahnizul yang politisi Partai Golkar. Pasangan ini akan bersaing dengan Masrul Malik yang diperkirakan bakal diusung Partai PAN. Tapi sejauh ini belum diketahui siapa pasangan yang akan disandingnya pada Pemilukada mendatang. “Jika hal itu terjadi, pasangan ini diperkirakan cukup kuat dan dapat meyakinkan masyarakat pemilih. Karena calon orang nomor satu tersebut maupun wakilnya, cukup dikenal di kota ini dan sangat dekat dengan masyarakat,” ungkap Sekretaris Partai Hanura, Taufik yang dihubungi di Payakumbuh, kemarin. Pasangan di atas kemungkinan besar akan bersaing dengan calon kandidat kepala daerah/wakil kepala daerah, Almaisyar dengan Dedet, anggota DPRD Sumbar asal Koto nan Godang. Pasangan ini disebut sebut akan diusung koalisi Partai PPP dan PDI-P dari dua nagari yakni, Koto nan Ompek Payakumbuh Barat dan dengan Koto nan Godang Payakumbuh Utara, ulasnya. Sementara itu partai kecil yang tidak duduk di DPRD, kemungkinan akan berkoalisi dengan Partai Bulan Bintang (PBB) yang meraih tiga kursi di DPRD Payakumbuh. “Kalau ini terjadi, bukan tidak mungkin koalisi sejumlah partai kecil dengan PBB itu akan mengusung pasangan calon Endang Irzal dengan Supardi,” sebut Taufik didampingi Ketua Partai Patriot, Nasrul Kenong. Untuk calon independen, muncul kepermukaan nama Desra dan Mulyadi Akmal. Kedua calon muda itu perlu diperhitungkan. Walau masih terbilang muda di kalangan porpolitikan di daerah ini, namun kiprahnya di Kota Payakumbuh, sudah banyak diketahui masyarakat. Intinya bila tidak mengenal mereka boleh dibilang bukan orang Payakumbuh. Calon lainnya yang sudah banyak berkiprah di kalangan birokrat, seperti Mahmuda Rivai, mantan Sekdako Payakumbuh, semula santer disebut masyarakat akan ikut meramaikan pemilukada Kota Payakumbuh. Namun akhir-akhir ini nama yang bersangkutan tenggelam. Penyebabnya diperkirakan yang bersangkutan tidak muncul di Payakumbuh dan belum sempat mendaftarkan diri sebagai balon,” ujar Yuridis, salah seorang masyarakat Payakumbuh Timur. (h/zkf)

Pembangunan GOR Singa Harau Terkendala LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Gelanggang Olah Raga (GOR) Singa Harau, Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, menambah sarana prasarana dengan membangun pelataran parkir, drainase, lintasan atlit dan pagar pengamanuntuk acara pembukaan Porprov Sumbar Desember mendatang. Namun apa hendak dikata. Pembangunan sarana prasarana penunjang olah raga yang dinilai sangat penting itu, ternyata tidak mampu diselesaikan CV. Profesional, selaku rekanan yang mengerjakan proyek itu tahun 2011. Akibatnya, sebagian pekerjaan kini jadi terbengkalai. Pekerjaan itu, diantaranya pembangunan pelataran parkir dan membuat pagar pengaman stadion, yang tidak rampung sampai batas akhir kontrak,” ungkap Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Nursal didampingi PPTK, Ufrizal yang ditemui di kantor Dispora Limapuluh Kota, di Tanjung Pati, Kamis (2/2). Menurut dia, keseluruhan pekerjaan proyek GOR Singa Harau di Sarilamak itu dengan nilai kontrak sebesar Rp1,9 miliar, ditaksir bobot pekerjaan yang telah diselesaikan hanya sekitar 58 persen saja. Sehingga kontrak akhirnya diputus dan pihak kontraktor dikenai sanksi blacklist. Untuk kelanjutan penyelesaian pembangunan itu, belum ada solusinya, kecuali lintasan atlit yang tersedia anggarannya 2012. Sedangkan pembuatan pelataran parkir dan pagar pengaman belum ada solusinya. Kemungkinan, untuk melanjutkan pekerjaan yang terbengkalai, sangat diharapkan peluang mendapatkan dana hibah maupun anggaran dari Dispora Provinsi Sumbar, sebutnya. (h/zkf)

Pertanian RI sebesar Rp28 juta, akan mampu mengairi 40 hektare sawah di areal ini.Wawako Syamsul Bahri, dalam sambutannya mengharapkan pada para petani agar dapat memelihara infrastruktur yang dibangun pemerintah. Termasuk sarana dan prasarana agar bisa bertahan lebih lama. Dengan diresmikannya saluran irigasi ini, akan dapat menambah hasil produksi pertanian, khususnya di Kelurahan Kota Panjang dan di Kota Payakumbuh, pada umumnya, ulas Wawako. (h/zkf)

Pembukaan pintu irigasi di Koto Panjang Payobasuang. ZULKIFLI

Raskin Jangan jadi Proyek PAYAKUMBUH, HALUAN — Kota Payakumbuh, tahun 2012 mendapat jatah beras miskin (Raskin) sebanyak 660. 780 kilogram (kg).

RASKIN- Suasana sosialiasi raskin di Dinsosnaker, di Gedung Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Jalan Jend. Sudirman Payakumbuh, Kamis (2/2) . ZULKIFLI

Luak Jelebu Negeri Sembilan ke Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Sebanyak 21 anggota rombongan Luak Jelebu Negeri Sembilan Malaysia, mengunjungi Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (1/2). Kunjungan itu sebagai kunjungan balasan, karena sebelumnya jajaran Pemkab Limapuluh Kota bersama LKAAM melakukan kunjungan ke Luak Jelebu, Desember 2008 lampau, untuk berdialog lintas budaya Minangkabau dengan Negeri Sembilan. Rombongan Luak Jelebu dipimpin Dato Menteri Sah Mangku Alam Raja Sari H. Tarmizi bin Selamat, Balai Undang Luak Jelebu Negeri IX. Dengan anggota terdiri dari Kelompok Dato-Dato Lembaga Adat, anggotanya Kadin bin Kidam, Suhaimi bin Mohd Rais, Darus bin Dusak, Zulkafli bin Jailani, Rosly bin Mohd Zain, Abdul Hamid bin Ismail, Mohd Rathi bin Shamsudin, Abdul Ghani bin Ibrahim, Husain bin AB Rashid dan Abdul Azis bin Mat Baki. Kelompok jabatan kerajaan dengan anggota terdiri dari Shazreen Suradi (Pejabat Penerangan Daerah Jelebu), Noorzaidy bin Rohan ( Majelis Daerah Jelebu), Mohd Rahim Shah bin Mohamad Yusof (Perpustakaan Awam Daerah Jelebu), Suhaimi bin Basiron ( Muzium Adat Jelebu), Nor Aini binti Sifat (Pejabat Daerah dan Tanah Jelebu). Kemudian, Mohd Shahir bin Mohd Ali (Jabatan Muzium Malaysia), Rogayah binti Latif, dan Zainon binti Baharuddin. Mereka disambut Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo Dt.Sori Marajo, LKAAM setempat, pemuka adat dan bundo kanduang. Di Balai Diulu Situjuah Banda Dalam, rombongan dijamu makanan khas Nagari Situjuah Banda Dalam. Kunjungan Dato-dato di Balai Diulu, berdialog lintas budaya adat Minangkabau dengan Negeri Sembilan Malaysia. Kemudian mengunjungi Balai Malintang Sitanang Muaro Lakin Kecamatan Lareh Sago Halaban, dan dijamu makan siang di rumah Dinas Bupati, pertemuan resmi dengan jajaran

pemkab, selanjutnya ke Balai Godang VII Koto Talago Kecamatan Guguak, Balai Nan Panjang Limbanang dan Balai Gontiang Putuih Nagari Mungka, serta objek wisata Lembah Harau. Bupati Alis Marajo dalam sambutannya mengatakan, belum seluruh masyarakat daerah ini mengetahui seluk beluk hubungan Negeri Sembilan dengan Minangkabau. Padahal hubungan itu bersifat familiar dan demografis antara Minangkabau dan Negeri Sembilan, titik awalnya adalah nagari-nagari yang ada dalam Luak Limopuluah, atau dalam wilayah Pemkab Limapuluh Kota. Menurut dia, Negeri Sembilan adalah suatu penamaan yang dihubungkan dengan jumlah suku (patron klien) yang ada dalam pemetaan demografis di negara bagian Negeri Sembilan. Suku-suku itu terdiri dari Simalanggang, Sarilamak, Tigo Batur (Tigo nenek), Batu Belang, Mungka, Batu hampa, Tanah Datar. Setelah mereka berhimpun di Kelang, pemerintah Malaka menampung penduduk yang berasal dari Simalanggang, Sarilamak, Tigo nenek dan Batu Belang serta Paya kumbuh dan Batu Hampa. Tempat itu menurut ketentuan

Datuak Samad Idris dalam bukunya Payung Terkembang, diberi nama Tampin. Karena itu lanjutnya, di balai Hulu Situjuah Banda Dalam, Kebesaran Dt. Simagayua Nan Mangiang, sehingga urek tunggang dari Andikonyo Nan Duo Baleh. Balai Nan Panjang Koto Laweh Limbanang, rombongan juga menerima penjelasan bahwa telah terjadi belahan Datuak Maharaja Besar, adalah Raja Besar, Datuak Mulia Besar, Datuak Akal Besar, Datuak Patih Besar dengan menterinya bergelar Orang Kaya Besar. Berawal di kampung dalam di Nagari Koto Laweh, kesemua penghulu ini tidak lain dari pada turunan Maharaja Indra, sebagai tuanku Raja Besar dikukuhkan sejalan dengan montinya Orang Kaya Besar, di Rumah adat Datuak Patih Besar, Koto Laweh. Sementara itu, Dato Menteri Sah Mangku Alam Raja Sari H.Tarmizi Bin Selamat mengatakan, sangat terharu dan bangga atas sambutan pemangku adat (ninik mamak) di setiap balai yang mereka kunjungi. Di setiap tempat kunjungan, rombongan disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat. (h/zkf)

Jatah tersebut akan didistribusikan ke lima kecamatan, kepada warga miskin yang berjumlah 3.671 kepala keluarga (KK). Masing-masing kecamatan memiliki jatah yang berbeda-beda. Data-data ini disampaikan Dinsosnaker pada sosialisasi program raskin sebagai bentuk subsidi beras untuk masyarakat berpendapatan rendah di kota ini pada tahun 2012. Acara berlangsung di Gedung Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Jalan Jend. Sudirman Payakumbuh, Kamis (2/2), dihadiri seluruh camat dan lurah se Kota Payakumbuh. Acara yang berlangsung selama satu hari ini akan menjelaskan mekanisme pendistribusian serta pengelolaan bantuan beras miskin sampai ke tangan masyarakat penerima. Untuk itu, Dinsosnaker mengundang beberapa narasumber yang terlibat langsung dalam masalah pembagian bahan makanan pokok ini. Narasumber terdiri dari Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumbar, Wardarusmen, SE, MM, Kepala Bulog Sub Divisi Wilayah I Bukittinggi, Majelwan Lisza, SE, Kepala BPS Payakumbuh,

Hazri Fanzain, serta Kepala Bagian Perekonomian Setdako Payakumbuh, Hendri Refdinal. Wawako H. Syamsul Bahri, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, sosialisasi ini penting dipahami oleh aparatur pemerintah, apalagi yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Khususnya yang berada di tingkat kecamatan dan kelurahan. “Diharapkan kepada seluruh jajaran kecamatan dan kelurahan yang mengikuti sosialisasi ini bisa memahami informasi yang disampaikan, sehingga tidak terjadi kesalahan komunikasi” tegas wawako. Ditambahkan wawako, pembagian raskin ini jangan menjadi objek atau proyek bagi aparat yang bertugas sehingga tujuan pembagian raskin ini benar-benar bisa tercapai. Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Payakumbuh, Adrian menyebut, pembagian subsidi makanan pokok ini akan disebar ke beberapa wilayah di Payakumbuh yang mempunyai KK miskin. Perhitungannya, setiap KK akan mendapatkan jatah sebanyak 15 kg raskin setiap bulannya. Sedangkan akumulasi pembagian per kecamatan setiap bulannya, seperti Kecamatan Payakumbuh Barat mendapat jatah yang tertinggi yaitu 19.845 kg per bulannya, Kecamatan Payakumbuh Utara sebanyak 13.065 kg, Kecamatan Payakumbuh Timur 11.160 kg. Kemudian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) mendapat jatah sebanyak 5.685 kg dan Kecamatan Payakumbuh Selatan sebanyak 5.310 kg. (h/zkf)

The First FeMale Station in Padang

Lansek Manih FM (LANIS FM) Frequensi (FM) 93,6 MHz (FM) Power Suport 1000 Watt ( Blues 30 NV) Alamat Studio/Office : Jl.Sudirman No.191 Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. Telp. ( 0754) 20173-20553 Fax. 0754.20158 Email : lansekmanihfm@yahoo.co.id LANSEK MANIH FM “ Penyampai Informasi Pembangunan dan Penyejuk Hati Anak Nagari”


?

20

AUDITOR

ENGINEER

Tidak perlu bingung..

Dapatkan info

SUPERVISOR

LOW

MARKETING

ACCOUNTING

NGAN D

isini

MANAGER

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

Persada Bunda MENERIMA MAHASISWA BARU

PROGRAM DIII & STRATA 1 (S1) ASM (AKADEMI SEKRETARIS & MANAJEMEN)

SK. MENDIKBUD RI No. 250/DIK/Kep/1992 SYARAT PENDAFTARAN Terakreditasi : SK NO : 017/BAH-PT/AK-II/DIPL-III/X/2002 1. Berijazah SMU/SMK/MAN atau sederajat JURUSAN : 1. Sekretaris Eksekutif (D1, D2, D3) 2. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern (D1, D2, D3) 2. Pria/Wanita yang sehat jasmani dan rohani

ABA (AKADEMI BAHASA ASING) SK.Mendikbud RI No. 62/D/1998 Terakreditasi : SK No : 017/BAH-PT/AK-II/DIPL-III/X/2002 JURUSAN : 1. Bahasa Inggris (1 & D3)

STIE (SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI) SK.Mendiknas RI No. 62/D/1998 Terakreditasi : SK No : 014/BAH-PT/AK-IV/S1/VIII/2002 JURUSAN : 1. Manajemen (S1) 2. Manajemen Pemasaran (D3) 3. Akuntansi (D3)

STIBA (SEKOLAH TINGGI ILMU BAHASA ASING) SK.Mendiknas RI No. 62/D/O/2004 JURUSAN : 1. Bahasa dan Sastra Inggris (S1)

STISIP (SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL ILMU POLITIK)

3. Mengisi Formulir Pendaftaran 4. Foto Copy Ijazah/STTB atau sederajat, dilegalisir (3 lbr) 5. Foto Copy NEM/Nilai, dilegalisir (3 lbr) 6. Pas foto 3 x 4 = 4 lbr 7. Membayar Uang Pendaftaran Rp. 250.000,8. Mengikuti Ujian Saringan Masuk

Kampus : Jl. Diponegoro No. 42 Pekanbaru - 28116 Telp. (0761) 23181 Fax. (0761) 40218 Cell : 0812 755 3848 / 0812 755 4663 Homepage : www.persadabunda.or.id

SK.Mendiknas RI No. 173/D/O/2000 JURUSAN : 1. Administrasi Negara (S1) 2. Administrasi Niaga (S1) 3. Ilmu Komunikasi (S1)

STIH (SEKOLAH TINGGI ILMU HUKUM) SK.Mendiknas RI No. 151/D/O/2006 Terakreditasi : SK No. 027/BAN.PT/AK-XII/SI/XI/2009 JURUSAN : 1. Ilmu Hukum (S1) 2. Hukum Bisnis (S1) 3. Hukum Udara (S1)

KETUA YAYASAN HAZNIL ZAINAL, SE, MM

STAI (SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM) DK. DIRJEN PENDIDIKAN ISLAM No. DJ.1/495/2007

SEKRETARIS YAYASAN DIDI. Y. FIKRI, SE

DEWAN PEMBINA Prof. Drs. H. ZAINAL ZEIN

Dengan Iptek dan Imtaq Kita Wujudkan Visi Riau 2020

DIBUTUHKAN LOWONGAN KERJA SEGERA

LOWONGAN KERJA

LOWONGAN KERJA

Dibutuhkan Karyawati Salon baik yang berpengalaman maupun tidak, yang diutamakan Rajin, jujur, ramah, ulet & pandai bersahabat. Kirim Lamaran langsung ke : YEYEN SALON Jl. Manyar Sakti (dpn Pesantren Dahril Hikmah) Hub: 0812 6853 6723 (Asyifa) 0852 7259 6767 (Indah)

Dibutuhkan segara 15 Orang lulusan SLTA, D3 & S1 untuk di didik & disalurkan menjadi guru TK/PG. Hubungi: LP3S Puri Mandiri, Jl. Garuda Raya No.13B Perumahan Sidumolyo Arengka atas Pasar Baru Telp. 0852 7214 5872, 0852 7811 5553

Kami distribusi Pupuk Membutuhkan segera “MARKETING EXECUTIVE”. Dengan syarat sbb: - Laki-laki - Memiliki pengetahui dibidang tanaman kelapa sawit - Diutamakan bagi yang berdomisili di kota/kabupaten (Riau) - Memiliki SIM C & sepeda motor - Gaji & bonus menarik. Kirimkan lamaran ke: Jl. T. Tambusai 439, Pekanbaru atau Hub: 085265341864

LOWONGAN KERJA

LOWONGAN KERJA

DIBUTUHKAN SEGERA TENAGA PENGAJAR

LOWONGAN KERJA LOWONGAN KERJA

Dibutuhkan segera Marketing Executive, dengan persyaratan : Min SLTA, punya sepeda motor & SIM C, bisa bekerja dalam team & target. Faslitas gaji, insentiv & reward. Antar Lamaran ke :

- MATEMATIKA (SMP / SMA) : 2 Orang - FISIKA (SMA) : 2 Orang - GEOGRAFI : 2 Orang - SOSIOLOGI : 2 Orang - EKONOMI : 2 Orang - IPS (SD) : 1 Orang Syarat : z Muslim z Alumni PTN/PTS z Mahasiswi tingkat akhir (sedang tugas akhir) z IPK 3.00 z Bersedia dilatih jadi pengajar z Disiplin, ramah, berjiwa pendidik z Mampu bekerja dengan Team

Jl. Bukit Barisan, Pekanbaru 08527859 3339 (Ferdinan)

RKB & SPA di kota Siak membutuhkan segera karyawati untuk Tenaga Terapis & Tenaga Potong Rambut. Fasilitas : tempat tinggal, makan, gaji, komisi dan bonus. Hub : 0821 7266 6880 / 0811 7522 381

Dibutuhkan Tenaga Marketing Terampil, gigih dan berkualitas mau bekerja keras, mampu bekerja tim atau individu, income tidak terbatas, siap berangkat keluar provinsi lainnya. kesempatan ini berlaku untuk 10 orang pertama Hubungi PT. RAM SAKTI PRATAMA Dedy Heristian, SH Hp : 08127539631 /

LOWONGAN KERJA

LOWONGAN KERJA

Dibutuhkan segera Karyawati / Stylist Salon, berpengalaman min 2 tahun, muslimah. Berminat hubungi : (Fitri) 0812 6805 2889 atau datang langsung ke : Permata Salon

Dibutuhkan segera Tenaga ADM & Sopir pribadi min SMA / sederajat. Dan Asisten operasional punya SIM A. Antar lamaran ke :

Dibutuhkan beberapa orang penjahit pakaian wanita, tukang sum, tukang payet yang berpengalaman dan 1 orang pembantu rumah tangga. Berminat datang langsung ke :

Kliknik / Apotik Budi Medika Jl. Harapan Raya No. 43. Hub : 0852 7801 1178

Jahit & Bordir Tatik", Jl. Mujair No. 11 Tangkerang Barat

PT. GLOBAL JAYA PERKASA

Jl. Harapan Raya No. 318C Pekanbaru

Antar Lamaran ke : Jl. Durian No. 96 (Simpang Lampu Merah Dekat Brimob) Suka Jadi, Pekanbaru. Telp. 0761 - 839933 / 0853 5582 6017 LEMBAGA MOTIVATOR & BIMBINGAN BELAJAR GANESHA SAINT GENERATION PEKANBARU

LOWONGAN KERJA

LOWONGAN KERJA Peluang dan Karir Kami perusahaan yang sedang berkembang yang bergerak dibidang pembiayaan Cash / Credit elektronik dan funiture yang berskala nasional membutuhkan beberapa orang karywan untuk menepati posisi sebagai berikut : 1. Surveyor (CI) 2. Collector (CA) 3. Administrasi (usia max 25 th) 4. OB (Office Boy) Dengan Persyaratan: - Pendidikan min SMA - Usia max 35 thn - Mampu berkomunikasi dengan baik, ulet, jujur dan bertanggung jawab - Mampu bekerjasama dengan team - Mempunyai kendaraan sendiri / sim C Faslitas yang akan didapat: - Gaji Pokok - Transport harian - Sevice Kendaraan - Tunjangan kesehata dan Incentive Bagi yang berminat ajukan lamaran / foto terbaru anda ke alamat:

Interyasa Sedaya

Jl. Lintas Timur Samp Jl. Masjid Jamik No. 147 Pangkalan Kerinci Kab. Pelalawan Hp. 0813 6501 2627

DIBUTUHKAN LOWONGANSEGERA KERJA

LOWONGAN KERJA LOWONGAN KERJA

Perusahaan bergerak di bidang pembiayaan elektronik membutuhkan : 1. Kepala Cabang 2. Credit Head 3. Marketing Head 4. Operation Head (Perempuan) 5. Teller 6. CSO 7. Supervisor 8. Surveyor 9. Driver 10. Helper (sim A umum) 11. Marketing Staf 12. SPG 14. Marketing - Posisi 1-3 diutamakan pengalaman - Posisi 4-6 pendidikan min D3 dan menguasai komputer - Diutamakan yang punya pengalaman Kirimkan lamaran Anda ke: BUANA Kredit alamat : Jl. Tuanku Tambusai No. 500 (samping Mag Komputer) Telp. 0853 6307 226 Pekanbaru Cantumkan kode lamaran dikantor atas amplop

HP. 0853 5683 5238

LOWONGAN KERJA

DIBUTUHKAN SEGERA

DIBUTUHKAN SEGERA TENAGA AHLI DESIGN/ OPERATOR DIGITAL PRINTING. BAGI YANG BERMINAT HUBUNGI LANGSUNG NO. TELP. 0853 5634 7557

Dibutuhkan segera Tenaga Pengajar SMK, dengan persyaratan : pria D3 Teknik Otomotif. Lamaran dikirim ke : SMK YAMATU Tualang Jl. Raudah KM 1 Perawang Hub : 0761- 693798, 0812 7547 834, 0813 7855 0989

LOWONGAN KERJA MAU JADI GURU TK / PAUD Dicari wanita usia 18 - 35 th Lulusan SMU s/d S1 untuk di didik menjadi Guru TK / Guru Paud dan membantu paket A, B, C (Ijazah SD, SMP, SMU). Berminat hub : YayasanAR-RAHMA Jl. Sudirman No. 78 Tangkerang, Pekanbaru Telp. 0761-7707740, 26397,

Pizza membutuhkan SEGERA karyawan/ti Dengan Persyaratan : - Usia diantara 18 - 22 th - Pendidikan SMU/SMK (diutamakan dari sekolah Pariwisata / Perhotelan - Tinggi/berat badan propesional, laki - laki min 165 cm (diutamakan memiliki SIM C), perumpuan min 157 cm - Tidak/sedang kuliah Segera kirimkan lamaran Anda dgn dilengkapi : - Fotocopy Ijazah, NEM dan KTP - Foto terbaru ukuran 3x4 (2 lbr) - Nomor telepon yang dapat dihubungi - Kartu pencari kerja dari Dinas Tenaga Kerja setempat - Menyertai Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) Atau antarkan langsung lamaran Anda Ke : Pizza Hut Mall Ciputra Seraya Pekanbaru Jl. Riau No. 58 Lt Ug unit B (depan informasi mall) Telp. 0761 - 868649/50 Pizza Hut Mall SKA Lt.1 Plaza Hut Sudirman Pekanbaru

INGIN SUKSES FINANSIAL, KARIR GEMILANG, TUNJUANGAN KESEHATAN, TRANING EKSKLUSIF, WISATA GRATIS KE LUAR NEGERI Kesempatan ini hanya bisa Anda peroleh dengan bergabung di PT. Astra Internasional. Tbk - Daihatsu yang merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia sebagai: SALAES EXECUTIVE (SE) - Min. D3/S1, Pria/Wanita, usia max. 28 Thn - Minat pada penjualan, orientasi target dan ulet - Memiliki SIM C dan kendaraan bermotor - Berpenampilan menarik dan memiliki komunikasi yang baik - Pengalamanan 1-2 th, namun fresh graduate dipertimbangkan Segera kirimkan lamaran dengan menyertakan Riwayat Hidup, fotocopy Sim A/C, fotocopy sertifikat pendukung dan foto Terbaru 4X6 Berwarna (1 lbr) ke: HRD Recruitment PT. ASTRA INTERNASIONAL TBK-DAIHATSU Jl. Jend. Sudirman No. 26-28 Pekanbaru (depan Taman Makam Pahlawan) Telp. 0761-839000 Paling lambat 14 (empat belas) hari setelah iklan ditanyangkan atau WALK INTERVIEW

PT. IKHTIAR ABADI MOTOR Jl. Soekarno Hatta

ANDAKAH YANG KAMI CARI ? A. INTRUKTUR BAHASA INGGRIS B. INTRUKTUR KOMPUTER

PT. RAJAWALI SAKTI Jl. T. Tambusai Komp. Mangga Dua (Belakang Yafurni) Blok B5 Telp. (0761) 7095169 / 0852 25566900

DIBUTUHKAN SEGERA

Lamaran diantar langsung:

1. TEKNIK LAS 2. SALES 3. SUPIR Syarat - syarat : - Pendidikan SMU/Sdrjt (2), STM Audio Video (1) - Diutamakan yang berpengalaman (1) - Mempunyai Sim B (3) - Mampu bekerja dengan team & target (2) - Rajin, jujur dan bertanggung jawab (1,2,3)

DIBUTUHKAN SEGERA DICARI PELAYAN RESTO BAKMI & SEAFOOD, butuh 10 (sepuluh) orang pelayan. Persyaratan : - Umur 18 - 25 tahun - Min lulusan SMP Lamaran langsung, Ijazah, KTP bawa langsung ke : Ibu Nurma Ruko Blok D No. 53 Mall SKA Hp. 0812 7659 1259 (BAKMI KOJI)

Hub: Neneng 0812 7655 5757

masuk dari Jl. Paus

Dibutuhkan segera seorang karyawati dengan persyaratan : (pandai operasinal mesin kasir, komputer, internet), penampilan menarik, ramah dan sopan. Antar langsung lamaran ke : Melianature Indonesia Jl. Soekarno Hatta No. 89C (depan Swiss Hotel/SKA) Pekanbaru.

Syarat: - Pria/Wanita usia max. 35 tahun - pengalaman Min 2 tahun di bidang otomotif - Lulusan D3/S1 semua Jurusan - Memiliki kendaraan roda dua - Memliki SIM A dan SIM C - Leadership (Point 1) - Gigih, percaya diri dan orientasi pada target

Lamaran diantar langsung ke Bintang Property Jl. K.H Ahmad Dahlan No.127 A (depan brimob) Pekanbaru Paling lambat 3 hari setelah iklan ini terbit

Perusahaan yang bergerak dibidang elektronik, membutuhkan tenaga kerja sbb :

DIBUTUHKAN SEGERA

1. SUZUKI SALES SUPERVISOR (SPV) 2. SUZUKI SALES EXECUTIVE (SSE)

Fasilitas : Gaji pokok, Uang transport, uang makan, komisi, bonus bulanan, triwulan, tahunan dan karier

LOWONGAN KERJA

PT. ARTHA GRAHA GENERAL INSU-RANCE adalah perusahaan nasional yang bergerak di bidang asuransi umum membutuhkan : MARKETING OFFICER (MO) Syarat 1. Pria umur maxsimum 30 tahun 2. Pendidikan minimal D3 (semua jurusan) 3. Memiliki kendaraan Sendiri 4. Memiliki Pengalaman Marketing 5. Jujur, disiplin, ulet, & loyal pada perusahaan 6. Memiliki relasi yang luas 7. Terbiasa dengan target Kirim lamaran lengkap disertai nomor handpone yang bisa dihubungi Ke: PO. BOX 9002 PEKANBARU 28000

Untuk Posisi :

KARIR CEMERLANG Perusahaan yang sedang berkembang dibidang property membutuhkan: a. 1 Orang Staff Administrasi (Adm) b. 2 Orang Marketing Officer (MO) Syarat : - Wanita single berpenampilan menarik (a,b) - Pendidikan min D3 semua jurusan (a) - Pendidikan min SMU sederajat (b) - Menguasai computer MS Office (a,b) - Berpengalaman di bidangnya min 1 thn (a) - Bisa bekerja dalam team, dibawah tekanan target (a,b) - Bisa berkomunikasi dengan baik, ulet, jujur dan bertanggung jawab (a,b)

Dibutuhkan segera seorang Staylis Wanita berpengalaman, umur 25 30 th, menguasai semua teknik salon, ditempatkan di Salon Bengkalis. Fas : akomodasi, makan, gaji pokok & persen.

LOWONGAN KERJA

DICARI

Sebuah Perusahaan yang bergerak dibidang Food Suplement membutuhkan tenaga kerja untuk mengisi posisi : Sales Promotion Girl (SPG) Syarat : 1. Wanita penampilan menarik 2. Pendidikan min SMU/sederajat 3. Mampu berkomunikasi dengan baik 4. Dapat bekerjasama/team work 5. Jujur. luwes Lamaran lengkap diantar langsung paling lambat 1 minggu setelah iklan terbit Senin-Jumat jam 08.00-17.00 WIB ke alamat : Jl. Utama No. 60 Rumbai-Pekanbaru Telp. 0761-53444/HP. 0812 89 315070

NB: hanya yang memenuhi syarat yang akan

Dibutuhkan karyawan/ti untuk Tenaga Administrasi dengan syarat : 1. Pendidikan minimal SLTA sederajat, berpenampilan menarik mampu berkomunikasi dengan baik, jujur, dan dapat bekerjasama dengan team 2. Harus bisa English (minimal pasif/bias surat menyurat) 3. Mahir mengoperasikan Ms. Office & Internet 4. Untuk laki-laki harus memiliki SIM A Kirimkan lamaran Via pos kilat khusus ke alamat : PT. MODERN CITRA SURYAMAS Jl. Dharma Bakti/sigunggung No. 37 C Labuhbaru Barat, Pekanbaru (sebelah Kedai Kopi TOBA / sebelum Buyung Family)

WALK IN INTERVIEW

LOWONGAN KERJA

LOWONGAN KERJA Dibutuhkan segera karyawan LakiLaki bagian : 1. Bagian Front Office 2. Room Boy 3. Engineering 4. Security 5. Bagian Koki Lamaran dapat diantar langsung ke : HOTEL TASIARATU Jl. KH. Hasyim Ashari No. 10 (100m dari Ramayana Sudirman) Pekanbaru

LOWONGAN KERJA

LOWONGAN KERJA

Kami perusahaan bergerak di bidang Otomotif Yamaha membutuhkan Karyawan/ti untuk posisi: MARKETING Syarat lamaran: 1. Tamatan SMA/sederajat 2. Pria/Wanita usia 35 max 3. Memiliki motor sendiri/SIM C 4. Tidak sedang kuliah Fasilitas: Gaji pokok, insentive, jenjang karir. Kirim Lamaran langsung ke : PT. AGUNG YAMAHAINDO ABADI Jl. Dharma Bakti simpang Sigunggung HP. 0853 6444 8166

Dibutuhkan segera tenaga Administrasi Perumahan. Dengan persyaratan : wanita, max 25 tahun, pendidikan min D3, sudah berpengalaman, berpenampilan menarik, punya kendaraan sendiri. Hub: 0761 - 563750 / 0813 7167 7466

Persyaratan: - S1 - Pria - Pengalaman Kerja min. 2th di bidangnya - Bisa Bahasa Pemograman (B) - Menguasai Hardware (B) Segera bawa kamaran ke kampus

AL-AZHAR COLLEGE Jl. Tuanku Tambusai No.51/1 Pekanbaru

LOWONGAN KERJA LOWONGAN KERJA

Dibutuhkan segera karyawati untuk : - ADM KANTOR - ADMIN PENGURUSAN BERKAS - BERKAS BANK Syarat: - Sudah berpengalaman di property. - Berpenampilan menarik - Mempunyai kendaraan sendiri + Sim C - Komunikatif, energik, ramah & jujur Lamaran diantar langsung ke: PT. KEMBAR JAYA MANDIRI Jl. Cipta Karya Gg. Teladan 1 No. 2B Panam, Pekanbaru Telp. 0812 6887 2788

LOWONGAN KERJA Dibutuhkan karyawan /ti 3 (tiga) orang pria untuk asesoris (mobil & motor) yang berpengalaman, gaji memuaskan, dan 3 (tiga) orang wanita untuk toko kaset dan elektronik, umur 17-27 tahun, minimal SMP dan berpenampilan menarik, gaji pertama 700 ribu (bersih).

Hub:0852 7877 9099

Toko Prima Music Bangkinang.

LOWONGAN KERJA Dibutuhkan Segera : a. Sales marketing barang harian b. Supir (SIM B1) Umur max 35 tahun Lamaran diantar ke : CV. Selaras Abadi Jl. Tuanku Tambusai / Komp. Nangka Raya Permai Blok D No. 24 Pekanbaru Hp. 081268460305/ 085260123884


JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

LINGKAR Masyarakat Keluhkan Pembangunan SOLOK, HALUAN — Masyarakat Kelurahan Laing mengeluh pembangunan di Kota Solok tak merata. Kelurahan Laing selalu minus pembangunan, sedang di kelurahan lain pembangunan sangat pesat, seperti di Kelurahan Kampai Tabu Kerambie (KTK). Hal itu dikeluhkan masyarakat kepada anggota DPRD Kota Solok pada kegiatan reses dewan ke Kelurahan Laing Kecamatan Tanjung Harapan, Selasa (31/1) malam. “Kita bisa lihat di KTK pembangunan menjadi-jadi, dam anak sungai cukup bagus termasuk dam batu baronjong di Batang Lembang. Sementara di Kelurahan Laing sangat minim sekali. Usulan dalam Musrenbangkel tak lolos satupun,” jelas Jainoval, beberapa pemuda lainnya. Selain menyampaikan keluhan tersebut, juga disampaikan persoalan penerangan listrik di Laing Pasie. Saat ini, jaringan listrik sudah masuk ke kawasan Balai Benih Ikan (BBI), namun beberapa rumah di kawasan itu belum juga dialiri listrik, padahal kabelnya sudah melintas di atap rumah masyarakat. Menanggapi pertanyaan tersebut, anggota DPRD Kota Solok yaitu Adi Purnama, Hendra Saputra dan Murni, mengatakan, akan segera memeriksa lagi tentang usulan saat Musrenbangkel yang hilang di ‘jalan’ tersebut. “Kami akan tanyakan ke Bappeda persoalan tersebut, kenapa tidak muncul di program pembangunan 2012. Begitu juga tentang listrik yang belum masuk juga dibicarakan dengan .(h/alf) PLN,” kata mereka.(h/alf)

Pengusaha Kecil Mengeluh Tak Kebagian Proyek SOLOK, HALUAN — Sejumlah pengusaha golongan ekonomi lemah di Kota Solok nyaris gigit jari tiap tahun lantaran tidak kebagian proyek pembangunan. Sejumlah proyek penunjukan langsung (PL) ditengarai sudah diborong oleh oknum anggota DPRD Kota Solok, yang juga pengusaha. “Tolonglah kami pak DPRD, jangan ambil lahan usaha kami, apakah gaji yang diterima tiap bulan tidak mencukupi, belum lagi ditambah uang reses dan uang-uang sidang lainnya. Kenapa proyek-proyek PL dirambah juga,” ujar Yasril Lawang dan Nurza Wannery, dalam dialog dengan 3 orang anggota DPRD Kota Solok, masing-masing Adi Purnama, Hendra Saputra, Marwansyah dan Murni, di aula Kantor Camat Tanjung Harapan, Rabu (1/ 2) malam. Menurut kedua perwakilan masyarakat yang juga berprofesi sebagai kontraktor K3 itu, mereka berharap tiap tahun mendapatkan proyek PL dari Pemerintah Kota Solok. Namun apa hendak dikata, ketika proyek yang diharapkan diurus ke bagian Perencanaan Administrasi Program (PAP), seluruh proyek PL ternyata sudah habis terbagi. “Saat kami tanyakan, bagian PAP menjawab sejumlah proyek yang ada sudah diambil oknum anggota DPRD,” kata Nurza Wanneri, menirukan sumber di PAP tersebut. Menanggapi persoalan tersebut, Hendra Saputra, Adi Purnama dan Murni meminta pada Yasril Lawang dan Nurzawaneri untuk menyebutkan siapa oknum anggota DPRD Kota Solok yang mengambil lahan pengusaha tersebut, juga sebutkan siapa pimpinan SKPD yang menyampaikan bahwa proyek sudah diborong oknum h/alf) anggota DPRD. (h/alf)

Dibutuhkan Tambahan Mobil Damkar SOLOK, HALUAN — Ketua DPRD Kabupaten Solok Syafri, Kamis (2/2), mendesak pemerintahan kabupaten memprioritaskan penambahan mobil pemadam kebakaran (damkar) agar pertolongan terhadap bencana kebakaran dapat dilakukan maksimal. Menurut dia, saat ini daerah itu baru memiliki tiga unit mobil pemadam kebakaran. Jumlah armada ini dinilai belum maksimal karena secara geografis jarak antarkecamatan di daerah itu berjauhan. “Sulit memadamkan api ketika terjadi kebakaran di daerah utara Kabupaten Solok karena posko pemdam kebaran cukup jauh dari daerah itu,” katanya. Menurut dia, selama ini mobil kebakaran hanya dikonsentrasikan di pusat ibukota kabupaten. “Tentu sangat tidak efektif untuk memberikan pertolongan bagi daerah utara,” jelasnya. Dia mencontohkan peristiwa beberapa waktu lalu, dua rumah warga di Kecamatan X Koto Singkarak, satu rumah ludes terbakar karena tidak adanya pertolongan dari pihak pemadam kebakaran. Sebelumnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Abdul Manan, mengakui armada kebakaran di daerah itu belum cukup. Menurut dia, idealnya daerah itu memiliki lima unit armada kebakaran mengingat daerah ini memiliki luas 373.800 hektare dengan jumlah penduduk 357.694 jiwa, tersebar di 14 kecamatan dan 74 nagari. Terkait dana untuk pembelian armada, dia mengakui kalau mengandalkan APBD tidak memungkinkan karena anggaran terbatas. “Untuk itu kita berupaya berkoordinasi dengan pusat untuk memperoleh dana, sehingga nantinya bisa ditambahkan pos dan ramada pemadam kebakaran di wilayah utara,” jelasnya. Dia juga mengimbau, jika terjadi kasus kebakaran di wilayah Kabupaten Solok agar segera memberitahukan kepada petugas pemadam kebakaran. (h/ant)

Bareh Tanamo

KOTA SOLOK

Panen Perdana SRI 8,8 Ton Tiap Hektare

21

SOLOK, HALUAN — Walikota Solok Irzal Ilyas melakukan panen perdana tanaman padi dengan menerapkan teknologi Padi Tanam Sabatang (PTS) dan sistem legowo yang disponsori Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Solok di Jalan Lubuk Sikarah, samping Balaikota Solok, Rabu (1/2). Bersamaan dengan panen perdana dengan hasil produksi 8,8 ton/hektare itu, walikota didampingi Ketua DPRD Kota Solok juga memanen ikan dan melepaskan bibit ikan di kolam air deras, yang ada di lokasi proyek percontohan KTNA. Bersamaan dengan panen perdana, Irzal Ilyas juga meresmikan berdirinya kelompok agribisnis di tubuh KTNA Kota Solok. “Dilaksanakannya Demplot PTS oleh KTNA sebagai upaya untuk mendorong petani di Kota Solok menerapkan teknologi PTS karena dengan PTS terjadi efisiensi pemakaian pupuk dan bibit oleh petani,” jelas Ketua KTNA Kota Solok Arizal, dalam laporan singkatnya pada walikota. Untuk 1 hektare saja, terangnya, biasanya petani membutuhkan bibit 30 kg, sedangkan dengan PTS hanya 7 kg, atau terjadi efisiensi penggunaan bibit 23 kg.

RESES — Anggota DPRD Kota Solok, Marwansyah, Hendra Saputra dan Adi Purnama, bertatap muka dengan warga Kelurahan Kampung Jawa, Senin (30/1) malam, saat melakukan reses ke kelurahan se Kota Solok. ALFIAN Di sisi lain penggunaan pupuk urea juga berkurang, karena sehabis panen jerami tidak dibakar, namun dikembalikan ke tanah untuk memperbaiki struktur tanah, baik dalam bentuk kimia, fisika dan biologi tanah. Sejalan dengan itu, KTNA Kota Solok juga mempelopori pembentukan kelompok agribisnis. Pembentukan kelompok itu untuk mengantisipasi para tengkulak yang selalu merugikan petani.

Biasanya, sehabis panen, petani langsung menjual gabah, namun dengan kelompok agribisnis petani bisa menjual ke KTNA dengan harga sesuai pasar. Tampilnya kelompok agribisnis juga untuk menghindari pencaplokan beras Solok oleh pedagang beras antar kota antar provinsi. Beras Solok sebenarnya sudah terkenal di nusantara, namun karena ulah pedagang, beras Solok sering dicampur dengan beras lain sehingga

kemurnian beras Solok ternoda. “Di saat musim tanam, beras Solok langka. Pedagang kemudian membeli beras ke daerah lain. Namun saat dijual ke luar daerah, pedagang tetap menyebutnya beras Solok, padahal beras tersebut didatangkan dari daerah lain,” tutur Arrizal. Untuk menjamin kemurnian varietas tersebut, KTNA Kota Solok membentuk kelompok agribisnis. Setiap beras Solok yang dijual harus murni, bahkan juga diusahakan membuat label

untuk menjamin legalitas beras Solok. Walikota Solok Irzal Ilyas saat panen perdana sangat bangga atas kreativitas KTNA karena mampu memotivasi petani dalam berusaha tani, khususnya padi sawah. Dewasa ini sudah banyak lahan sawah yang produktif berubah fungsi menjadi bangunan. Untuk mempertahankan produksi dengan luas lahan yang menyusut sangat dibutuhkan teknologi baru.(h/alf)

Bendi Solok Dijual ke Pemberian Sanksi Adat Hak Payakumbuh dan Pekanbaru Mamak Masing-masing Kaum SOLOK, HALUAN — Satu demi satu angkutan tradisional bendi mulai dijual oleh pemiliknya ke daerah luar Kota Solok, lantaran kalah bersaing dengan angkutan ojek. Para kusir bendi lebih banyak alih profesi sebagai buruh bangunan maupun petani. Bendi banyak dijual ke Payakumbuh dan Pekanbaru. Harga jual bendi yang siap pakai itu Rp8 juta hingga Rp10 juta, tergantung jenis bendi dan kudanya. Dari pantauan Haluan di Kota Solok, angkutan tradisional itu mulai langka beroperasi. Kalaupun ada, bisa dihitung dengan jari. Pada umumnya, bendi beroperasi hanya pada hari Selasa dan Jumat yang merupakan hari pasar. Jumlahnya diperkirakan 30 unit. Padahal sebelum menjamurnya ojek, jumlah bendi di Kota Solok mencapai ratusan, baik yang berdomisili di Kota Solok dan Kabupaten Solok. Banyaknya kusir bendi yang banting stir menjadi buruh bangunan maupun petani memang tak bisa dipungkiri, lantaran calon penumpangnya makin langka. Biasanya calon penumpang bendi dari kalangan siswa dan ibu-ibu yang hendak ke Pasar Solok. Namun calon penumpangnya itu kini sudah banyak yang memiliki sepeda motor dan tak lagi memilih bendi sebagai angkutan.

“Zaman memang sudah berubah. Pembangunan bidang otomotif makin maju. Jangankan angkutan bendi yang sudah lumpuh di Kota Solok, angkutan kota saja banyak yang dikandangkan. Kalaupun menambang, hanya waktu pagi dan siang hari di saat jam sekolah,” tutur Yahya, seorang kusir bendi pada Haluan di Kota Solok, Rabu. Yahya yang sudah menjadi kusir bendi selama berpuluh tahun memang kewalahan juga mencari penumpangnya. “Selama ini lawan kami dalam menambang adalah angkutan kota. Setelah menjamurnya sepeda motor yang dibisniskan sebagai ojek, bertambah lagi lawan kami. Angkutan roda dua itu memporakporandakan bendi dan angkutan kota,” tuturnya. Meski persaingan sangat ketat, namun Yahya mengaku tetap mencoba bertahan menambang setiap Selasa dan Jumat yang merupakan hari pasar di Solok. “Tapi hasilnya tidak memuaskan. Pendapatan dan pengeluaran tidak seimbang. Pengeluaran mencapai Rp25.000 per hari, itu baru untuk makan kuda saja, belum lagi untuk beli rokok dan makan. Sedangkan pendapatan rata-rata Rp30.000 hingga Rp40.000,” tutur Yahya. (h/alf)

SOLOK, HALUAN — Tokoh adat dan penasehat Kerapatan Adat Nagari (KAN) Solok M Dt Ganjie menegaskan, pemberian sanksi atau hukum adat merupakan kewenangan mamak terhadap anak kemanakan dalam kaum atau nagari bersangkutan. “Dalam pepatah Minangkabau, kemanakan barajo ka mamak, mamak barajo ka penghulu, penghulu barajo ka nan bana. Artinya, jika seseorang tertangkap dan diduga melakukan maksiat, maka yang berhak memberi hukuman adat itu adalah mamak dalam kaum atau nagari mereka,” kata Dt Ganjie. Penegasan ini disampaikannya, Selasa (31/1), terkait dibentuknya Barisan Dubalang Paga Nagari (Baduri) yang baru saja dideklarasikan di Kota Padang, yang bertugas melakukan penegakan hukum adat. Pembentukan Baduri ini, menurut Dt Ganjie, perlu kajian mendalam karena menyangkut legalitas dari ninik mamak yang ada di Sumatera Barat. Baduri, katanya, boleh-boleh saja dibentuk, namun perlu diketahui bahwa Kota Padang merupakan ibu kota Sumatera Barat dan tempat berhimpunnya kalangan masyarakat dari berbagai daerah, suku dan kaum. “Melihat dari sasaran Baduri yang fokus pada penindakan dan pemberian sanksi terhadap pelaku penyakit masyarakat (Pekat), maka ini perlu dilihat secara makro, karena dalam pepatah Minangkabau, kemanakan barajo ka mamak, mamak barajo ka penghulu, penghulu barajo ka nan

bana. Artinya, hukuman adat merupakan kewenangan mamak mereka dalam kaum atau nagari,” kata Dt Ganjie. Dia mencontohkan, misalnya seorang wanita tertangkap karena diduga melakukan maksiat, maka yang berhak menghukum wanita itu tentu mamaknya dalam kaum, bukan orang lain. “Apa jenis hukum adat yang diberikan, tergantung di nagari asal mereka, karena adat salingka nagari, pusako salingka suku,” kata Dt Ganjie. Penghulu Suku Nan Balimo itu setuju dibentuknya Baduri, tapi hendaklah lebih fokus pada nagari bersangkutan. Sedangkan untuk pengendalian Pekat, serahkan saja kepada instansi yang sudah ada dan punya legalitas dari pemerintah, yaitu Satpol PP yang bertugas menegakkan Peraturan daerah (Perda) yang ada. Dt Ganjie berharap agar elemen masyarakat di Sumatera Barat tidak terbuai mengurus hal-hal yang tidak terlalu memberikan dampak terhadap kemajuan daerah. Mestinya, katanya, pihak-pihak terkait lebih focus memikirkan bagaimana Sumatera Barat bias lebih maju, investasi berkembang pesat, sehingga penyerapan tenaga kerja meningkat dan pertumbuhan ekonomi membaik. “Kita bisa lihat Riau, Bangka Belitung dan beberapa provinsi lain berpacu membangun daerah, tidak terkonsentrasi mengurus tetek bengek,” kata Dt Ganjie. (h/alf)

Kelurahan Kampung Jawa Potensial Pertanian Ubi Kayu SOLOK, HALUAN — Selama 3 malam berturut-turut, Senin, Selasa dan Rabu (31 Januari s/ d 2 Februari) DPRD Kota Solok melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihannya di Kota Solok, yang lebih populer dengan reses ke kelurahan. Dalam kegiatan reses itu, DPRD membentuk 5 tim. Wartawan Haluan tergabung dalam tim 4, yang diketuai Adi Purnama dan anggota Hendra Saputra, Murni dan Marwansyah. Tim ini mengunjungi tiga kelurahan, yakni Kelurahan Kampung Jawa, Kelurahan Laing dan Nan Balimo. Kelurahan Kampung Jawa terletak di bagian utara Kota Solok. Kelurahan yang berbatas dengan Kabupaten Solok itu

sebagian besar penduduknya bertani, pegawai negeri sipil dan swasta, namun dari jumlah penduduk tersebut lebih banyak bergerak di sektor pertanian. Luas lahan tegalan memang lebih mendominasi ketimbang lahan sawah. Lantaran potensi lahan tegalan cukup menjanjikan, namun belum semuanya bisa diproduktifkan lantaran terkendala dengan pengolahan lahan. Di Kampung Jawa, walau banyak penduduk bergerak di bidang pertanian, namun tenaga kerja yang ada sangat terbatas. “Untuk mengolah lahan tegalan terpaksa mencari tenaga kerja ke luar kelurahan itu,” ujar Syamsur, tokoh masyarakat setempat di hadapan anggota

DPRD. Di Kelurahan Kampung Jawa sangat berpotensi sekali dibuka budidaya ubi kayu. Tanaman itu saat ini hampir minim orang menanamnya lantaran tidak tersedianya tenaga untuk mengolah lahan. Di Kota Solok, hampir tiap saat pedagang mencari ubi kayu. Ubi kayu itu dipergunakan untuk membuat tepung dan juga bahan gorengan. Untuk memenuhi kebutuhan ubi kayu di Kota Solok, pedagang banyak membeli ke Sijunjung dan Tanah Datar, karena di daerah tersebut meupakan sentra ubi kayu. Sebenarnya di Kampung Jawa yang merupakan basis pertanian sangat menjanjikan jika ubi kayu dibudidayakan,

namun karena kekurangan tenaga untuk mengolah lahan, banyak lahan yang tidur. Untuk memproduktifkan lahan tegalan di Kampung Jawa, yang penduduknya juga banyak dari Jawa, masyarakat membutuhkan traktor tangan, karena keterbatasan tenaga kerja tadi. Pemerintah perlu membantu sebuah traktor tangah ke Kelurahan Kampung Jawa, supaya lahan-lahan tidur bisa diproduktifkan kembali. Selain masalah ibu kayu yang disampikan ke anggota DPRD Kota Solok, masyarakat juga berharap persoalan tanah 240 hektare dikelarkan sertifikatnya.Tanah 240 hektare itu merupakan milik Pemko Solok yang diserahkan ninik mamak

Nana Balimo sebelumnya. DPRD Kota Solok dalam kunjungan ke kelurahan Kampung Jawa memang panen pertanyaan. Tidak hanya dari bapakbapak namun kaum ibu dan generasi muda saling berebutan untuk mempertanyakan berbagai hal yang terjadi saat ini, termasuk masalah malam bina iman takwa (mabit) yang diprogramkan Pemko Solok. Mabit yang digelar sejak setahun lalu perlu dievaluasi apakah menguntungkan atau hanya sekedar menjalankan program saja, sebab dalam pelaksanaan di lapangan terkesan hura-hura, di mana anakanak usai mabit berkeluyuran dan tak pulang ke rumah segera. (h/alfian)


22 FIGURA

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

NURI MAULIDA

Trauma Dilamar Cowok Nuri Maulida ternyata pernah mengalami trauma gara-gara hubungan asmaranya kandas di tengah jalan. Pacarnya itu membatalkan lamaran secara sepihak karena alasan klise. “Aku nggak mau ngomong masa lalu. Kemarin lamaran nggak jadi. Itu pribadi beliau, nggak bisa ditoleransi. Jawabannya klise, karena ketidakcocokan, latar belakang keluarga, dan tradisi.,” ujarnya, di Studio Hanggar, Pancorang, Jakarta Selatan. Tak pelak, bintang sinetron ‘Cinta Fitri’ itu jadi lebih selektif dalam memilih pasangan. Ia melihat pria yang bakalan jadi pendamping hidupnya kelak harus memiliki tanggung jawab. Ia juga berharap profesinya seniman. Nuri beralasan dengan profesi tersebut bisa memiliki visi dan misi yang sama. Namun, diakuinya sampai sekarang masih menjalin hubungan. Ia tidak mau memutuskan tali silaturahmi dengan mantan pacarnya itu. Meskipun pria itu membuatnya kadung kecewa karena membatalkan lamaran. “Aku selalu menjaga dan menjalin hubungan baik dengan yang nggak jadi,” ucap wanita kelahiran Bandung, 22 November 1985 itu. Sekarang, dengan status jomblonya itu, Nuri fokus dengan pekerjaannya di dunia tarik suara. (h/net)

ZASKIA ADYA MECCA

Rintis Bisnis Fashion

ZULHIJJANI

Peduli Pendidikan Masyarakat LA YAKNY A tulang rusuk, selain halus dan rapuh sesungguhnya LAY AKNYA perempuan juga keras dan kuat. Perempuan adalah sosok individu rajin, dan tekun dalam mewujudkan mimpi serta keinginannya. Begitu pula dengan Zulhijjani. Perempuan kelahiran Lumindai Sawahlunto, 10 Agustus 1977 itu, berjuang keras dalam mewujudkan mimpinya memiliki perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat di Lumindai, tanah kelahirannya. Awal 2007 lalu, dengan tekat bulat ibu dua anak itu mendirikan rumah baca Perluas Cakrawala dan Terangi Nurani, yang akrab disebut Pelangi. Meski sempat pesimis, namun secara per lahan, kehadiran Pelangi memberikan motivasi bagi masyarakat Lumindai untuk membaca, dalam memperluas wawasan. Bahkan, setelah dua tahun berjalan status rumah baca Pelangi meningkat menjadi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pelangi. Kehadiran TBM Pelangi mendapat sorotan pemerintah. Tidak hanya pemerintah Sawahlunto, Pemprov Sumbar malah memberikan cap bagi TBM Pelangi sebagai TBM terbaik di tingkat Sumbar. Tidak hanya TBM, secara beriringan, wanita yang kini dipercaya sebagai wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, juga mendirikan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang dinamai Permata Hati. Kini bak namanya, TBM Pelangi dan PAUD Permata Hati samasama menerangi dan menyinari masyarakat yang memanfaatkan kedua wadah pendidikan tersebut, dalam mengembangkan wawasan dan menimba pendidikan untuk sang buah hati. Jauh sebelum menjadi wakil rakyat, Zulhijjani sebenarnya juga pernah beklerja sebagai seorang tenaga pendamping petani (TPP), dalam program LOAN ADB, yang ditempatkan di Bappeda Kota Sawahlunto, tahun 2003 hingga 2006. (h/dil)

JARANG tampil di dunia hiburan setelah menikah dengan Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca tidak membuat artis cantik berjilbab ini menutup karir. Setelah dikaruniai anak, Zaskia kini malah tengah konsentrasi dengan bisnis butik. “Aku sama kakak buat label baju. Karena banyak fans yang tanya soal aku mix match baju. Jadi aku buat usaha saja, ini baru 5-6 model pakaian,” ungkap Zaskia saat ditemui, Jakarta, Kamis (2/2). Zaskia merasa senang dengan aktivitas barunya, terlebih mendapat dukungan penuh dari sang suami. “Mas Hanung mendukung bisnis ini. Nggak boleh pakai uangku jadi modalnya dari dia, support dari dia. Usaha dan kerjaan baru akhirnya bisa mengeluarkan baju,” ceritanya. Bintang sinetron Kiamat Sudah Dekat itu mengaku tak mau berharap jauh soal keuntungan dari bisnis baru tersebut. (h/net)

PASHA ‘UNGU’

Tampil Penuh Gaya VOKALIS grub band satu ini pantas disebut penyani yang pede tampil dengan penuh gaya. Kenapa tidak, gayanya sering berubah dan tampil beda, terutama potongan rambutnya. Ya, dialah Sigit Purnomo Syamsuddin Said yang akrab disapa Pasha. Bahkan, agar terlihat lebih segar dalam klip video untuk lagu bandnya Ungu “I Need You”, vokalis grup Ungu ini mengubah potongan rambutnya kembali ke gaya yang pernah dipilihnya. “Ini enggak baru-baru banget. Kebetulan lagi shooting . Saya pernah seperti ini sebelumnya. Memang, baru dipotong. Tapi, ini bukan gaya yang baru,” ujar Pasha di lokasi shooting klip video tersebut, Studio Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Selasa (31/1). Tapi, di luar kebutuhan shooting dan manggung, bagi Pasha gaya rambutnya yang terlalu tipis di bagian samping kanan, kiri, dan belakang itu membuatnya agak repot. “Memang, (jadi) rada ribet. Kalau lagi enggak ada acara, jadi aneh dengan seperti ini. Jadi, disiasati pakai topi,” ujar Pasha lagi. Namun, aku Pasha, apa pun potongan rambutnya, sang istri, Adelia Wilhelmina, menyukainya. “Dia support terus selama enggak plontos. Kalau plontos, dia yang marah duluan,” katanya lalu tertawa. (h/net)


JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

LINGKAR Arahkan Musrenbang ke Pembangunan Ekonomi LUBUK SIKAPING, HALUAN — Wakil Bupati Pasaman Daniel meminta Musrenbang diarahkan kepada pembangunan yang berbasis ekonomi masyarakat. Hal itu disampaikan saat membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) terintegrasi se Kecamatan Bonjol, Selasa (31/1). Daniel berharap Musrenbang betul-betul dilaksanakan, karena merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan di Kabupaten Pasaman, khususnya Kecamatan Bonjol. “Musrenbang hendaknya betul-betul dimanfaatkan untuk merencanakan pembangunan yang akan dilaksanakan nantinya,” ujar Daniel. Selain mengarah kepada pembangunan yang berbasis ekonomi masyarakat, Musrenbang juga diharapkan menentukan prioritas pembangunan mana yang dibutuhkan oleh masyarakat, karena pembangunan menentukan kondisi daerah. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Yanni Habbintis kepada Haluan mengatakan, khusus tahun 2012 ini progran pembangunan berbasis nagari lebih menekankan kepada peningkatan ekonomi massyarakat. Kecamatan Bonjol adalah kecamatan yang pertama menggelar Musrenbang yang difasilitasi oleh Faskat PNPM Herizon. (h/tos/wel)

PDAM Diminta Tingkatkan Layanan LUBUK SIKAPING, HALUAN — Bupati Pasaman Daniel meminta PDAM Lubuk Sikaping meningkatkan layanan kepada masyarakat. Hal itu disampaikan usai melantik Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lubuk Sikaping yang baru, Yutriane Yushir, Senin (30/1). Menurut Daniel, untuk meningkatkan layanan, menuntut adanya kepiawaian serta keprofesionalan pimpinan perusahaan, sebab perusda tersebut berkaitan erat dengan kepentingan banyak orang. Yutriane Yushir sebelumnya adalah Sekretaris Dinas Pendapatan dan Pengelola Keuangan dan Aset di Pemkab Pasaman. Dia menggantikan Silvia Evayanti, yang sudah berakhir masa jabatannya selama dua periode dan kemudian ‘hijrah’ sebagai Kepala Kantor Lingkungan Hidup. “Untuk mewujudkan peningkatan pelayanan dimaksud, harus diawali dengan peningkatan kinerja seluruh karyawan, kemudian diiringi dengan program fisik, terutama dalam menindaklanjuti berbagai jenis kendala, termasuk instalasi atau jaringan yang rusak,” kata Daniel. Sementara itu, Yutriane bertekad meningkatkan kinerja karyawan serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, tentunya (h/wel/tos) dengan dukungan semua pihak.(h/wel/tos)

Masyarakat Nagari Cubadak Minta Tower PASAMAN, HALUAN — Wali Nagari Cubadak M Dahril Lubis mengharapkan Pemkab Pasaman membantu memfasilitasi pembangunan tower jaringan telekomunikasi selular di Kenagarian Cubadak, Kecamatan Duo Koto Kabupaten Pasaman. Hal tersebut disampaikan Dahril melalui suratnya tanggal 15 Januari 2012 perihal permohonan pembangunan jaringan telekomunikasi yang ditujukan kepada Bupati Pasaman cq.Kadis Kominfo. Sampai saat ini di Kenagarian Cubadak belum berdiri tower telekomunikasi. Sebagian kecil masyarakat pengguna handphone di kenagarian Cubadak baru memanfaatkan sinyal dari daerah lain. Dan sinyal handphone akan bisa dinikmati jika berada di daerah ketinggian, karena jarak jangkauan yang tidak memadai disebabkan tidak ada satupun tower komunikasi yang berdiri di kenagarian tersebut. Dahril dan masyarakat di nagari itu berharap Bupati Pasaman melalui Dinas Kominfo membantu mewujudkan aspirasi seluruh masyarakat Kenagarian Cubadak. Sebagai persiapan, jelas Dahril, telah disediakan beberapa lokasi yang nantinya dapat dipilih oleh perusahaan telekomunikasi terkait dengan sistem negosiasi langsung dengan pemilik tanah. Jika dilihat dari jumlah penduduk yang akan menggunakan sarana komunikasi tersebut, saat ini di Kenagarian Cubadak terdapat sekitar 19 ribu jiwa dengan mata pencarian berdagang, (h/ndi) tani dan perkebunan.(h/ndi)

Ranah Saiyo

PASAMAN

23

Kontribusi PDRB Sektor Pertanian 54 Persen PASAMAN, HALUAN — Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat strategis dan berperan besar dalam perekonomian masyarakat Kabupaten Pasaman. Hal ini terlihat besarnya kontribusi sektor ini pada PDRB yakni mencapai 54 persen. Penduduk yang masih menggantungkan hidupnya di sektor pertanian masih di atas 70 persen. Hal itu menunjukkan bahwa kinerja sektor pertanian masih belum efisien, karena persentase ketergantungan masyarakat di Pasaman pada sektor ini lebih tinggi dari persentase kontribusi terhadap PDRB. Kemajuan sektor pertanian akan memberikan dampak yang besar dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Pasaman. Menurut Bupati Pasaman Benny Utama, Kabupaten Pasaman adalah satu dari 5 sentra produksi padi di Sumbar. Tahun 2011, luas panen padi mencapai 45.779 ha dengan produktivitas 4,59 ton per ha. Dan produksi mencapai 210.126 ton GKG (Gabah Kering Giling) yang diperoleh dari luas lahan sawah baku 22.505 ha. Untuk subsektor perkebunan, Benny menjelaskan, Pasaman dikenal sebagai penghasil kakao terbesar di Sumbar bersama Kabupaten Padang Pariaman dan juga merupakan penghasil karet utama di wilayah itu. Luas kebun kakao rakyat pada 2011 mencapai 16.096 ha dengan produksi 14.934,49 ton pertahun. Untuk kebun karet rakyat seluas 26.234 ha dengan produksi 24.822,36 ton pertahun. “Disimpulkan bahwa produktivitas kebun kakao dan karet rakyat masih di bawah 1 ton/ ha/tahun. Padahal, seharusnya

TAHUN ini proses pembangunan Kantor Bupati Pasaman yang menelan dana hampir Rp33 miliar akan dilaksanakan. Wagub Sumbar Muslim Masim melihat maket kantor tersebut. ATOS INDRIA potensi kedua komoditas perkebunan tersebut di atas 2,5 ton/ ha/tahun,” terang Benny Utama, di hadapan Wagub Sumbar Muslim Kasim dan rombongan pada kegiatan temu wicara bersama petani se Kabupaten Pasaman di Lansat Kadok, Kecamatan Rao Selatan, barubaru ini, di Lubuk sikaping. Rendahnya produktivitas kedua komoditi itu, menurut Benny, disebabkan penggunaan varietas unggul yang masih sedikit, serangan orgasme pengganggu tanaman (OPT) dan kurangnya pemangkasan. Selain itu, mutu biji kakao yang masih rendah karena belum difermentasi. “Petani malas melakukan fermentasi karena harga yang

tidak jauh berbeda. Sementara, rendahnya produksi karet karena belum digunakannya klon unggul, sesuai rekomendasi dan penerapan sistem budidaya yang baik (Good Agricultural Practices) yang masih rendah,” katanya. Benny juga menyampaikan, Pasaman merupakan daerah sentra produksi ikan air tawar terbesar di Sumbar. Tercatat, luas kolam ikan petani mencapai sekitar 4.282 ha dengan tingkat produksi mencapai 21.420 ton/tahun. Dari luas kolam tersebut, katanya, 1.700 ha (40 persen) terdapat di dua kecamatan yakni Rao dan Rao Selatan. Akan tetapi, kendala terberat yang dihadapi para petani kolam ikan di daerah ini adalah tingginya

Rp9,01 Miliar APBD Sumbar Dialokasikan untuk Jalan Pasaman PADANG, HALUAN — Kabupaten Pasaman mendapat empat paket pembangunan dan peningkatan ruas jalan provinsi yang pelaksanaannya dibiayai dana APBD Sumbar 2012 sebesar Rp9,01 miliar. Paket tersebut terdiri dari dua pembangunan jalan dan dua peningkatan kualitas jalan menjadi kelas provinsi, kata Kepala Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Pemukiman Sumbar, Suprapto, di Padang, Rabu. Empat paket pembangunan dan peningkatan jalan provinsi di Pasaman itu merupakan bagian dari program pembangunan jalan dan jembatan kelas provinsi yang dibiayai dana APBD Sumbar 2012, tambahnya. Anggaran dialokasikan untuk membiyai empat paket pembangunan dan peningkatan jalan tersebut mencapai sebesar Rp9,01 miliar. Ia menjelaskan, dua pembangunan provinsi di Pasaman yakni masing-masing, paket-I ruas jalan Bunga Tanjung-Teluk Tapang

harga pakan ikan. “Akibatnya, banyak petani ikan tergantung pada pasokan pakan ikan dari pedagang ikan segar dengan sistem bayar setelah panen (yarnen). Kondisi ini jelas menyulitkan petani kita untuk menjual produksinya secara bebas,” kata Benny. Bupati juga melaporkan belum berfungsinya Irigasi Panti Rao, sehingga banyak dikeluhkan petani padi dan ikan di daerah tersebut. Saat ini, kata Benny, baru sekitar 3.000 ha lahan sawah yang terairi oleh irigasi Panti Rao dari potensi sekitar 8.300 ha. “Jika Irigasi Panti Rao berfungsi penuh, maka akan bertam-

bah sekitar 5.300 ha lagi lahan sawah irigasi teknis di Kabupaten Pasaman,” katanya. Dengan tersedianya air Irigasi Panti Rao, tambah Benny, maka para petani di Rao Selatan memiliki peluang besar untuk mengembangkan kawasan Mina Politan, yakni suatu kawasan ekonomi yang terdiri dari sentra produksi, pengolahan, pemasaran komoditas perikanan, pelayanan jasa atau kegiatan pendukung lainnya. “Kecamatan Rao Selatan telah ditetapkan sebagai kawasan pengembangan program mina politan di Provinsi Sumbar oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI tempo hari di Jakarta,” sebut Benny Utama. (h/tos)

20 Perda Disahkan Selama 2011

dengan alokasi untuk pelaksanaannya sebesar Rp2,86 miliar. Paket ke-II, pembangunan jalan Talu-Lubuk Sikaping dengan biaya proyeknya mencapai Rp1,43 miliar. Selanjutnya, paket-II peningkatan ruas jalan Rao-Rokan dengan biaya pelaksanaan proyeknya Rp2,15 miliar dan paketIV peningkatan ruas jalan Tikalak Pasaman dengan anggaran proyeknya Rp2,42 miliar. Suprapto menyebutkan, total dana empat paket pembangunan dan peningkatan jalan sebesar Rp9,01 miliar terdiri dari, belanja modal pengadaan konstruksi jalan dengan anggaran Rp8,87 miliar. Lalu, belanja pegawai sebesar Rp36,03 juta serta belanja barang dan jasa dialokasikan sebanyak Rp110,36 miliar. Total anggaran itu dialokasikan dalam empat kali pengucuran yakni, pada triwulan-I Rp1,8 miliar, triwulan-II Rp3,15 miliar, triwulanIII Rp3,15 miliar dan triwulan-IV Rp901,75 juta. (ant)

LUBUK SIKAPING, HALUAN — Selama tahun 2011, DPRD Kabupaten Pasaman telah mengesahkan 20 Perda. Ketua DPRD Kabupaten PasamanYasri, kemarin, mengatakan, seluruh Perda yang disahkan berasal dari usulan pemerintah Kabupaten Pasaman.“Dari 21 usulan Perda, 20 di antaranya sudah disahkan pada 2011 lalu. Sementara satu masih dalam proses evaluasi terkait usulan Perda jasa usaha, yang saat ini masih dalam evaluasi pembahasan oleh Gubernur Sumbar,” katanya. “Adapun Perda yang telah disahkan tahun 2011 ini sebanyak 20 buah. Usulan Pemda sebanyak 20 buah, sedangkan perda yang ditolak tidak ada,” tutur Yasri. Dijelaskan, DPRD Pasaman masih memiliki satu tunggakan Perda untuk disahkan secepatnya yakni Ranperda tentang PDAM. “Insyaallah, pada bulan ini juga akan disegerakan untuk diparipurnakan,” ucapnya. Menurut Yasri, dari perjalanan selama tahun 2011 yang dirasa perlu evaluasi

untuk tahun depan di antaranya adalah menyangkut masalah kinerja dan kedisiplinan dari masing-masing

“Adapun Perda yang telah disahkan tahun 2011 ini sebanyak 20 buah. Usulan Pemda sebanyak 20 buah, sedangkan perda yang ditolak tidak ada,” tutur Yasri. anggota dewan itu sendiri. “Sebagai wakil rakyat sudah selayaknya kita memberi contoh dan suri tauladan kepada masyarakat sebagai konstituen kita. Kedisiplinan dalam bekerja sudah menjadi citra dan jati diri kita masing-masing, sehingga masyarakat itu merasa bahwa hakhak mereka tidak terabaikan dan sia-sia begitu saja,” tegas Yasri.

Juga tidak kalah penting, kata Yasri, adalah menyangkut pelaksanaan agenda RPJMD yang sudah ditetapkan pemerintah harus terlaksana dengan baik. “Diharapkan tidak ada keterlambatan dalam hal Musrenbang dan penetapan RPJMD nantinya, sesuai dengan waktu yang ditentukan sehingga baik untuk masyarakat kita ke depannya,” ujarnya. Ia juga mengimbau kepada pemerintah untuk mengajukan usulan Ranperda agar dapat dimasukkan di awal tahun sehingga dapat dilakukan pengkajian yang lebih mendalam untuk mendapatkan peraturan daerah yang kuat dan berkualitas. Yasri juga mengatakan yang menjadi target legislasi prioritas DPRD Kabupaten Pasaman untuk tahun 2012 adalah semua yang termasuk ke dalam Prolegda. “Semua yang masuk Prolegda adalah prioritas, dan Prolegda DPRD Pasaman tahun 2012 akan segera dirumuskan dalam waktu dekat ini.”(h/tos/wel)

Program BERMUTU untuk Lahirkan Siswa Bermutu

KUNJUNGAN Wagub Sumbar Muslim kasim beberapa waktu lalu ke Pasaman selain melihat beberapa proyek berskala besar, juga menyerahkan bantuan mobil untuk Badan Penangulangan Bencana Daerah. Terlihat wagub salam komando dengan Bupati Pasaman Benny Utama. ATOS INDRIA

PASAMAN, HALUAN — Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Tigo Nagari Anasril mengatakan, Program Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU), jangan hanya sekedar penambah wawasan para kepala sekolah dan mejelis guru saja, akan tetapi diharapkan dapat diaplikasikan dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) terhadap anak didik.

Diharapkan, program BERMUTU di Pasaman dengan motto “Cerdas Tigo Nagari” ini, dapat bermuara pada mutu dan kualitas pendidikan anak, sehingga pendidikan anak di Tigo Nagari tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Hal itu disampaikannya pada pelaksanaan Program BERMUTU di Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN)-01 Pasar Ladang Panjang, Sabtu (28/1) lalu.

Melalui kegiatan BERMUTU yang melibatkan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Tigo Nagari, tentunya akan dapat meningkatkan kinerja para guru yang kemudian dapat pula meningkatkan mutu pendidikan anak didik serta berujung pada sebuah prestasi yang gemilang. “Kita tidak ingin anak-anak Tigo Nagari tertinggal dalam pendidikannya, bahkan diharapkan mampu menyaingi daerah

lain, tidak hanya di Pasaman, tapi secara nasional sekalipun,” sebut Anasril. Kepala UPT yang didampingi Ketua K3S, Kecamatan Tigo Nagari, Yusman, menjelaskan bahwa program BERMUTU yang ditopang dana bantuan pusat sebesar Rp42 juta itu, diselenggarakan sebanyak 16 kali setahun. Sedangkan untuk saat ini, program tersebut sudah memasuki tahapan yang ketujuh.

Diharapkan, program yang bertemakan “Peningkatan Kinerja Guru” tersebut tentunya dapat berjalan dengan sukses serta mencapai sasaran yang diharapkan. “Program BERMUTU tersebut, cukup mendapatkan dukungan serius dari kalangan kepala sekolah serta pihak terkait lainnya, baik para anak didik, maupun orang tua murid serta pihak komite,” kata Anasril mengakhiri. (h/tos)


24 PENDIDIKAN

JUMA JUMATT, 3 FEBRUARI 2012 M 10 RABIUL AWAL 1433 H

LINGKAR Aminef Tawarkan Beasiswa ke Amerika PADANG,HALUAN — American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) menawarkan Program Beasiswa Fullbright Indonesia bagi warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Amerika. Hal itu disampaikannya dalam seminar di Auditorium Universitas Andalas (Unand), Kamis (2/2). “Narasumber yang datang ialah Adeline Widyastuti, lalu peserta yang datang ialah sebanyak 13 orang,” ucap Irawati dari International Office Unand yang sekaligus menjadi Panitia dalam acara seminar ini. Beasiswa Fullbright Indonesia ini terdiri dari program master, Phd/doctoral, research (penelitian), dan pelatihan/non-degree. “Rincian Program Beasiswa Fulbright 20132014 terdiri dari biaya kuliah, uang buku, uang saku bulanan, tiket penerbangan internasional, dan asuransi kesehatan. Kuota untuk tahun ini ialah 300 beasiswa tersedia untuk warga Indonesia, dan Amerika,” ucap Adeline Widyastuti, International Office Unand dalam seminar di Auditorium Unand, Kamis (2/2). Pendaftaran AMINEF di CIMB Niaga Plaza, lantai tiga, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 25, Jakarta 12920. Informasi dan aplikasi bisa ditemukan di www.aminef.or.id. Umumnya deadline pendaftran ialah 15 April 2012, Juni-Agustus 2012 untuk wawancara, Agustus/September 2012 pengumuman, September/Oktober 2012 untuk tes TOEFL, GRE atau GMAT, Februari-Juni 2013 pengumuman penerimaan di Amerika, JuniSeptember 2013 ialah jadwal keberangkatan ke Amerika. Kendala selama ini ialah Bahasa Inggris. “Jadi, himbauan saya mereka harus persiapkan Bahasa Inggris, seperti TOEFL, IELTS, atau TOEIC,” lanjutnya. (h/vin)

Ketua Panitia Irawati memberikan cindera mata kepada Adeline Widyastuti di sela-sela seminar di Audotorium Unand. VINO

DIKELOLA SISWA — Hotel EdoTEL di Jalan Bundo Kanduang, Padang yang dikelola siswa SMKN 9 Padang. NET

SMK NEGERI 9 PADANG

Kelola Hotel dan Restoran PADANG, HALUAN – SMK Negeri 9 Padang diberi wewenang, dan tanggung jawab mengelola hotel, dan restoran yang ada di lingkungan sekolah.

Kebijakan ini dinilai sangat ampuh untuk memberikan modal kepada siswa, agar mampu bersaing di dunia kerja setelah lulus sekolah.

Kepala sekolah SMKN 9 Padang Drs Raymon MPd mengatakan ,jurusan di sekolah ini hanya dua yaitu perhotelan dan jasa boga. Namun progress selama enam tahun terakhir sangat pesat. Kunci dari kemajuan tersebut, memberikan keleluasan dan tanggung jawab kepada siswa untuk mengelola restoran dan hotel yang ada di SMKN 9 Padang. Raymon menjelaskan dalam memberikan pengalaman, dan wawasan yang baik, siswa hendaknya dibiasakan untuk berinteraksi langsung di lapangan dengan pelanggan, dan tamu agar

memahami situasi dan kondisi dunia kerja sesungguhnya. “Kami mendidik siswa pembelajaran di kelas hanya sebagai pengantar dan pemahaman teori, Tetapi pihak sekolah akan lebih sering menerjunkan siswa ke lapangan dan langsung bekerja. Cara ini akan lebih efektif untuk mengembangkan potensi dan bakat siswa di Bidang Perhotelan dan Jasa Boga,” katanya lagi. SMKN 9 Padang yang memiliki hotel sendiri yang bernama edoTEL (education Hotel) dan restoran yang berada di dalam hotel, dikelola langsung oleh para siswa dengan

Habibie Centre Bekali Siswa

PAKAR Matematika Bambang Heriyanto dari Habibie Centre membekali SISWA dalam menjawab soal ujian secara cepat, dan tepat di aula SMAN 2 Tilatang Kamang, Agam, Kamis (2/2). (RIDWAN) AGAM, HALUAN — Ratusan pelajar dari empat sekolah di Kota Bukitinggi, dan Agam sejak beberapa hari lalu mengikuti Program Klinik Habibie Centre, yang membekali cara jitu untuk menjawab materi soal ujian mata pelajaran matematika, baik saat menghadapi Ujian Nasional (UN), maupun Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) Adri Gani, Pengawas SMP/SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bukit-

tinggi mengatakan, pelayanan kliniks dari yayasan Habibie Centre di SMP 2, dan SMAN 2 Tilatang Kamang didanai Ikatan Warga Gadut (Iwarga) Jabodetabek yang diketuai Erman Syamsudin. Sementara untuk SMP 4, dan SMAN 1 Bukittinggi didanai para alumninya yang juga diketuai Erman Syamsudin, dan Bupati Agam Indra Catri. Menurutnya, kegiatan klinik matematika itu berlangsung 1 hingga 5 Febuari yang diawali

stabil. Setiap harinya pengunjung akan mengisi 70-90 persen kamar hotel, dan sekolah mampu memperoleh penghasilan sekitar Rp100 juta per bulan dari edoTEL ini,”kata Raymon. “Dalam pengelolaan hotel, pihak sekolah selalu memberdayakan siswa kelas 2 dan 3 yang telah magang di luar sekolah. Setelah itu siswa magang di hotel dan restoran yang ada di sekolah, dengan itu siswa bertanggung jawab dengan nama baik dan kemajuan wirausaha yang ada di sekolahnya sendiri,”kata raymon lagi. (h/ang)

Rp13,47 Miliar untuk Wajar

HADAPI UN DAN SMPTN

di SMPN 2 Tilkam, SMAN 2 Tilkam, SMAN 1 Bukittinggi, dan SMPN 4 Bukittinggi. “Setelah masuk klinik, diharapkan peserta dapat menjawab soal-soal matematika secara cepat dan tepat, sehingga mampu menghadapi UN dan SMPTN dengan hasil memuaskan,” tambahnya. Sementara pakar matematika Bambang Heriyanto dari Habibie Centre mengatakan, kegiatan klinik matematika itu diawali dengan menyuguhkan soal-soal matematika yang diperkirakan bakal diujikan pada UN. Syaratnya siswa mampu menyelesaikan satu butir soal dengan baik, dan benar dalam waktu 3 hinnga 5 detik. Jika banyak siswa yang mampu sesuai waktu yang tersedia, berarti mereka sehat. Sebaliknya jika tak mampu, berarti mereka dianggap kurang sehat, dan tidak siap menghadapi UN apalagi SMPTN. “Mereka diberi pembekalan bagaimana cara menyelesaikan soal-soal secara cepat dan tepat. Syaratnya, selama menyelesaikan ujian siswa

guru berperan sebagai quality management atau pengawas mutu managemen. “Hotel yang SMKN 9 Padang sajikan sama dengan kelas hotel bintang tiga dengan kapasitas 20 ruangan yang di antaranya 14 kamar deluxe, dan 4 kamar superior serta ruang workshop 2 buah. Setelah membuka dan mengelola hotel yang telah dibuka untuk umum, otomatis pendapatan yang dihasilkan akan masuk kedalam kas sekolah yang akan digunakan untuk kebutuhan PBM siswa. “Arus pengunjung di edoTEL sejak tahun 2010 dapat dikatakan

harus konsentrasi penuh, tidak boleh minta izin, bertanya pada teman, dan berbagai hal lainnya yang dapat menganggu. Intinya kedisiplinan, dan konsentrasi penuh merupakan salah satu kunci utamanya,” ujarnya. Namun, melihat kenyataan evaluasi awal yang dilakukan, Bambang Heriyanto mengaku sedih lantaran banyak siswa yang tak mampu menyelesaikan satu soal sesuai waktu yang ditentukan. Untuk menyehatkan siswa yang mengalami hal seperti itu lanjutnya, dibutuhkan waktu selama tiga hari. Sementara waktu yang tersedia hanya sehari saja. “Saya sedih, ternyata peserta tidak ada yang mampu. Untuk itu saya minta semua kepala sekolah melalui MKKS agar bersepakat, semua pelajar kelas terakhir SLTP dan SLTA di Agam masuk klinik. Tak mungkin saya hanya membantu satu atau dua sekolah saja. Hal ini terjadi, disebabkan lemahnya pondasi matematika mereka,” lanjutnya. (h/rdw)

PADANG, HALUAN — Pemprov Sumatera siswa. Sasaran kegiatan adalah anak-anak Barat mengalokasikan anggaran untuk yang berpotensi tidak melanjutkan ke jenjang mendukung wajib belajar (Wajar) 12 tahun SLTA karena faktor ekonomi keluarganya. senilai Rp13,47 miliar pada 2012, untuk Syamsulrizal juga mengatakan, secara 38.507 siswa dari keluarga kurang mampu. umum wajib belajar sembilan di Sumbar Kepala Dinas Pendidikan Sumatera berjalan dengan baik, sehingga angka Barat (Sumbar) Syamsulrizal Rabu (1/2) partisipasi kasar (APK) pendidikan dasar menyebutkan, hingga kini sudah empat mencapai Tuntas Paripurna sejak 2009. daerah di Sumbar yang mencanangkan Wajar Kendati demikian, tambahnya, diakui 12 tahun. Keempat daerah itu adalah Kota masih ada kabupaten dan kota tertentu Sawahlunto, Padangpanjang, Pariaman, dan masih belum tuntas, makanya pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. provinsi bersama kabupaten tersebut, terus Menurutnya, sambil memantapkan wajib memacu agar APK-nya mencapai tuntas belajar dengan peningkatan mutu, maka paripurna. (h/dla/ant) pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Sumbar mulai mempersiapkan wajib belajar 12 tahun. Gerakan ini sudah dimulai sejak 2010 atas kesepakatan antara pemerintah provinsi dengan 19 daerah untuk mengalokasikan anggaran pada 2011. Pemerintah provinsi bersama kabupaten dan kota mengalokasikan masingmasing anggaran sebesar Rp350.000 per siswa per tahun untuk memberi jaminan anak-anak kurang mampu. Justru itu, katanya, pada Bupati Agam Indra Catri meninjau bengkel otomotif SMK N 1 Maninjau, tahun lalu sudah didampingi Kadinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Agam Erwin Umar mengalokasikan sebesar beberapa hari lalu. KASRA SCORPI Rp13,92 miliar untuk 39.777


Haluan 03 Februari 2012