Page 1

FASHION DESIGN

HAFIZA APRILIA

P O R T F O L I O 2019


table of


01

02

03

PROFILE

PATTERN DESIGN

SURFACE TEXTILE DESIGN

CONTENTs 06 05 04 BASIC FASHION PROJECT

FASHION ACCESSORIES

ILLUSTRATION


PROFILE Hafiza Aprilia is a fashion design student in Telkom University. Currently she is in the 6th semester. Creative field is her passion, especially in the field of fashion design. She is the kind of person who wants to learn, always strives to achieve the best, and enjoy the process in design. When in her spare time, she plays with her cats, looks for some inspiration, and tries to learn features in design software. The following is a portfolio containing her works. Please enjoy!

PERSONAL INFORMATION Hafiza Aprilia 01/04/1997 Tangerang & Bandung

EDUCATION Keroncong Mas Permai Elementary School 12 Tangerang Junior High School PGRI 109 Tangerang Senior High School Telkom University

portfolio/profile

EXPERIENCE 2018 Ÿ Resist Dyeing & Batik Experimental Project Ÿ Fiber & Natural Dyeing Experimental Project Ÿ Pattern Making Project Ÿ Participant of Selected Works for Accreditation Program of Majoring Craft Textile & Mode, Telkom University Ÿ Participant of “Public Lecture: Development of Surface Textile Design in the Textile & Fashion Industry” Ÿ Participant of “Fashion Business Seminar”


SKILLS Sketching Fashion Illustration Technical Drawing Textile Design

Corel Draw Adobe Photoshop Adobe Illustration

LANGUAGE Bahasa Indonesia English

HOBBIES & INTERESTS Fashion

Art & Design

Food

Music

Books

CONTACT

Animal

Photography

hafizaaprilia97@gmail.com

+6282217798600

hafizaprl

instagram.com/hafizaprilia/


Meow Kitcat

02

PATTERN DESIGN

Project ini adalah pembuatan desain pattern atau motif secara digital, yang biasanya di aplikasikan pada kain. Pada awalnya project ini dibuat dari hal apa yang kita sukai. Saya memilih untuk membuat motif kucing. Disini saya ditugaskan untuk membuat konsep dari moodboard, color palette dan membuat sketsa yang akan diterapkan dalam versi digital, kemudian membuat pengembangannya dari pattern/motif yang sudah dibuat.


pattern design

Desain ini terinspirasi dari 2 kucing yang saya miliki, seekor induk dan anaknya. Mereka cukup baik, namun terkadang suka mencakar. Desain ini menggunakan jenis motif geometric untuk memberikan kesan baru dari bentuk asli kucing yang organis. Dengan perpaduan warna dingin dan hangat yang mempresentasikan dari kepribadian kucing itu sendiri yang terkadang cuek namun juga dapat bersifat baik.

pattern design development

portfolio/pattern design

concept


80’S LINEA

03

SURFACE TEXTILE DESIGN

Project ini adalah pembuatan fabric swatches dengan berbagai teknik dalam surface textile design. Konsep moodboard yang dibuat diambil dari gambargambar yang ada di majalah bekas. Disini saya ditugaskan untuk membuat konsep, memilih kain dan material sesuai moodboard, eksplorasi, dan melakukan teknik surface textile design sesuai moodboard (stencil, applique, quilting, stitches, dan embellishment)


fabric swatches

Terinspirasi dari gaya retro yang ada pada tahun 80’an yang biasanya identik dengan gaya serba heboh, warna-warna neon, terang dan color-mixed. Hal-hal ini yang akan diaplikasikan pada desain fabric swatches yang akan dibuat dengan mendominasikan warna putih dan hitam sebagai background dan menggunakan elemen garis. Fabric & material: wolfis (putih), satin (biru, kuning, pink), fishnet, pita, manikmanik, rubber opaque, rantai, ring D dan kulit.

portfolio/surface textile design

concept


portfolio/surface textile design

fabric swatches


04

BASIC FASHION PROJECT


PINISION

Project ini adalah pembuatan busana Ready to Wear untuk wanita dengan menghadirkan local content sebagai inspirasi. Disini saya ditugaskan untuk membuat konsep, menentukan target pasar, sketsa dan desain motif, eksplorasi, technical drawing, pola ukuran 1:2, produksi ke penjahit dan styling untuk photoshoot

concept

Pinisi adalah kapal layar tradisional khas Indonesia yang berasal dari suku Bugis & suku Makassar di Sulawesi Selatan. Kapal ini memiliki tiang utama yaitu 2 tiang layar utama adalah 2 kalimat syahadat dan 7 buah layar adalah jumlah surah Al-Fatihah. Koleksi Ready To Wear yang dibuat ini terinspirasi dari kapal pinisi dan kebudayaan bugis seperti baju bodo versi modern, motif ayam jantan yang memiliki makna keuletan dan keberanian, aksara dan aksesoris kalung yang kemudian dikombinasikan dengan trend ruffle dengan gaya khas Nautical yaitu putih biru.


portfolio/basic fashion project

sketch, fabric & flat drawing


sketch, fabric & flat drawing


portfolio/basic fashion project

sketch, fabric & flat drawing


pattern design


pattern making 21.8 cm

19 cm

3 cm

2.7 cm

m

5.5 cm

8c

5.5

T M

m .2 c

4 cm

24.2 cm

T B cm

T B

21.7 cm

13.3

13.8

T M

cm

3.03 cm

5 cm

29.2

13.3 cm

4 cm

4 cm

1.5 cm

6.1 cm

cm

4.7 cm

1.5 cm

cm

6.1 cm

28.8

PATTERN 1:2 SIZE 8

19 cm cm

3.03 cm

13.7

4.7 cm

13.2

29 cm

Bust : 80 cm Chest : 30 cm Back Width : 32,4 cm Shoulder : 11.75 cm Neck Size : 35 cm Top Arm : 26.5 cm Waist : 60 cm Hips : 86 cm Waist to hip : 20 cm

portfolio/basic fashion project

5 cm

5 cm

24.2 cm

T M


BAGS & POUCH

05

FASHION ACCESSORIES

Ini adalah kumpulan project pembuatan aksesoris fashion berupa tas dan pouch yang saya buat dengan teknik embellishment dan resist dyeing. Disini saya ditugaskan untuk mewujudkan dalam bentuk produk dari konsep yang sudah saya buat, dan tentunya membuat sketsa, technical drawing dan eksplorasi.


Terinspirasi dari gaya mondrian yang memiliki warna primer merah, kuning, biru, putih dengan komposisi dibangun dari tebal, garis horizontal dan vertikal hitam. Dimana hal ini yang akan diaplikasikan pada design tote bag dan pouch yang dibuat namun dengan tambahan modifikasi teknik tie dye dan embellishment dengan material pita hitam serta canvas untuk bahan tote bag dan pouch.

product

MONDRIAN TIE DYE TOTEBAG & POUCH

portfolio/fashion accessories

concept


concept

Desain ini terinspirasi dari bentuk Unicorn yang merupakan mahluk mitologi kuno, karya yang saya buat ini adalah Unicorn versi modern dan memiliki kesan cantik dan menggemaskan, serta penggunaan warna-warna pelangi dalam bentuk warna pastel.

product

RAINBOW UNICORN POUCH


Bertemakan futuristic, desain ini terinspirasi dari bangunan Dancing Dragon Tower yang memiliki estetika desain sangat kontemporer dan futuristik, serta terdapat aspek budaya tradisional Korea, yaitu naga. Futuristik biasanya identik dengan warna silver, namun kali ini saya akan membuat sebuah karya dengan dominan warna copper/tembaga dan warna-warna gelap serta memiliki siluet dari bentuk-bentuk futuristik yang geometric - asimetris dan berkesan minimalis.

product

COPTURISTIC HAND BAG

portfolio/fashion accessories

concept


06

ILLUSTRATION


portfolio/illustration


portfolio/illustration

THANK YOU


Profile for Hafiza Aprilia

Fashion Design Portfolio 2019 by Hafiza Aprilia  

Fashion Design Portfolio 2019 by Hafiza Aprilia  

Advertisement