Issuu on Google+

Modul Microsoft Power Point – SMK Bunda Kandung

Hasmi Susanto, S.T.

1


Modul Microsoft Power Point – SMK Bunda Kandung Modul 2.1. Langkah-langkah membuat presentasi menggunakan Microsoft Power Point. Membuat Presentasi baru. Microsoft Power Point adalah software aplikasi yang cukup populer dan sangat umum digunakan oleh user untuk membuat presentasi yang menarik dan dinamis. Slide show yang anda buat dapat disisipkan objek-objek multimedia seperti Animasi, narasi, gambar/ citra/image, video dan banyak lainnya. Ketika anda membuka Power Point 2010 pertama kali, maka tampilannya adalah sebagai berikut :

Kita akan dibawa ke Presentasi Kosong (Blank Presentation). Untuk memulai pembuatan presentasi, anda bisa langsung klik mouse pada Click to add title, untuk pertama kali membuat presentasi, kita harus membuat judul presentasi beserta subjudul nya. Setelah anda meng-klik bagian title, silahkan mengetik Judul Presentasi yang akan anda buat. Lihat contoh :

Hasmi Susanto, S.T.

2


Modul Microsoft Power Point – SMK Bunda Kandung

Langkah berikutnya adalah mempercantik tampilan halaman presentasi anda. Anda bisa mengikuti prosedur berikut ini : 1. Klik menu Design, Menu Ribbon akan berubah :

2. Klik salah satu kotak tema yang ada di bagian Themes, kita juga bisa klik tombol scroll yang ada di sisi kanan. Lihat gambar :

Hasmi Susanto, S.T.

3


Modul Microsoft Power Point – SMK Bunda Kandung 3. Setelah memilih salah satu tema, hasilnya seperti berikut :

Menambah halaman slide. Untuk menambahkan halaman slide baru, langkahnya sebagai berikut : 1. Klik tombol kanan mouse anda di bawah kotak Thumbnail, lihat gambar

2. Klik menu New Slide, hasilnya terlihat seperti gambar berikut :

Hasmi Susanto, S.T.

4


Modul Microsoft Power Point – SMK Bunda Kandung

3. Selanjutnya anda klik pada Click to add title untuk memberikan judul 4. Klik kotak item dari content presentasi anda. Sekaligus anda dapat mengganti tema background. Hasilnya seperti terlihat pada contoh gambar berikut :

Buat lah 1 halaman slide lagi, seperti contoh berikut :

Hasmi Susanto, S.T.

5


Modul Microsoft Power Point – SMK Bunda Kandung

Menayangkan Presentasi secara Full Screen. Prosedur berikut adalah menayangkan presentasi yang sudah anda buat secara Full Screen. Tekan tombol F5 jika anda ingin menampilkan keseluruhan Slide dari halaman awal. Tekan tombol SHIFT + F5 jika anda ingin menampilkan Perhatikan video tutorial berikut ini :

Hasmi Susanto, S.T.

6


Modul PowerPoint 01 - Hasmi Susanto, ST.