Issuu on Google+

FRESH!

ZILLA

Fakta Unik en aneh di

taun baru aru un b a t u ul 1 wi d oma tanggal ang R n r a a n m k a a Z buk aya se baru k , t i r e a us ar Janu khir M an Juli h a tapi merinta ggal 1 . an pe ru pas aesar, t taun ba i C d a ari j Janu

Tradis i baru j bikin resolu uga te s rnyata i taun dari z asalny aman a Bab du yang p lu resolusi el Kuno, ta aling p opuler un baru d ngemb i Babel ada perala lah a tan pe liin rtania n yang dipinje m.

7

anuari ggal 1 J Biar tan apin sebagai et udah dit sejak taun 45 n u h a t l aesar awa Julius C ara a m g e SM sa semua n tapi gak berapa negara . Be lo sepakat u mengakui ka ar n b u h h a la t a l a m ri itu aw 1 Janua

Awalnya per baru dit ayaan taun e gereja K ntang sama atholik, karena dianggap berhala. menyembah Malah se karang beberap ad gereja m enominasi taun bar nghubungkan u sama p erayaan .

u ur taun bar 0 Ternyata um 0 4 u ar i libur b sebagai har a m la se a ny tahun, soal ad gereja b -a ad b ra e b un baru. erayaan ta melarang p


Di Ko re biasa a Selatan n baru ya rayain orang d taun eng Jung dong an pergi ke jin, b mata uat l h iatin terb ari yang it di tahu baru n bar u.

Ada k e yang percayaan p orang ertama k kalo mak an a y pas h ang perta li dimakan an ari pe ma ka ato rt li mene ntuka ama taun ditemuin n keb baru satu b e heran tahun it runtunga akal u n kita . kalo b Maka anyak nya g dilaks ak p tangg anain pas esta taun tenga baru al 31 sama Desembe h malam r, bia kelua s rga o r tem anya an.

baru k pas taun Di Denmar ing lemparin pir n ada tradisi ema tu rumah t in p n a p e d ke ai tanda kita, sebag as taun gan. Kalo p keberuntun mah an pintu ru baru di dep ecah, ak piring p y n a b a d a kita nyak a punya ba artinya kit mendoakan teman yang gan kita. keberuntun

Dulu taun baru itu identik sama musim semi (di dunia Barat). Tapi anehnya tanggal 1 Januari itu gak ada hubungannya sama sekali sama musim semi.

Di J ada epang, p tra as 108 disi bun taun ba ka yii ru ngus ir 10 li sebag n lonce n ai ta 8 ma sele g nd sa ca kali, i bunyii m baha a n lo ya ora kare ng haru nceng 1 en 08 na k sk men etawa etawa, b gusi r se akal tan

Kalo pas Natal kita punya sinterklas, buat taun baru kita punya Father of Time, yang digambarin sebagai orang tua yang pakai syal yang ada tulisan taun yang udah lewat en bayi yang pake syal yang sama tapi tulisan taunnya taun yang bakal datang.

hari rnyata ia. e t u r a Taun b ng tua di dun n a ali libur p aja sejak zam u, lal in Bayang 0 taun yang ng 00 ya Babel 4 ah ngerayain d u. orang u nya taun bar nama

Di Davos, Swiss, udah jadi tradisi kalo pertandingan final Spengler Cup Ice Hockey Tournament diadakan pas taun baru

8


Negara-negara yang masih dikuasai sama gereja Orthodox Timur , (kaya Bulgaria, Cyprus, Mesir, Yunani, Polandia, Romania, Siria, Turki, Georgia, Yerusalem, Rusia en Serbia) biasanya ngerayain taun baru dua kali. Tanggal 1 Januari en 14 Januari (soalnya mereka masih pake sistem kalender Julian)

Di Yunani, ada St Basil (kaya Sinterklas) yang suka naruh hadiah di sepatu anak-anak pas malam pergantian taun baru.

Di Ing gri (yang s ato Skotla kata nd nenek nya negara m oyangn sepak ya bo selalu la) pas taun ad ba babak a tambahan ru pas pe satu rt sepak andingan bola

a semu i d r i Hamp taun baru a ra r nega dengan ca en ain diray n petasan i nyala n pawai. biki

Dikebanyakan negara di belahan dunia Selatan yang letaknya dekat air, ada tradisi nyemplung ke air pas taun baru.

Penetapan tanggal 1 Januari sebagai taun baru dilakuin sama orang Romawi karena alasan militer!

1 Januari ternyata hari libur internasional. Hari libur di tiap negara bisa bedabeda tapi tanggal 1 Januari di semua negara pasti hari libur.

Lagu yang paling populer pas taun baru di dunia Barat adalah auld lang syne. Lagu ini biasanya selalu dinyanyiin pas malam pergantian taun. Kenapa? Gak ada yang tau juga, mungkin karena liriknya yang mellow, bikin kita inget taun yang udah lewat.


7,8,9