Issuu on Google+

FRESH!

Q+A

AKU IRI

sama adikku!

Q

A

Terimakasih karena kamu udah jujur. Ada satu hal yang sangat saya hargai yakni kejujuran. Saya percaya langkah pertama untuk menyelesaikan masalah apapun adalah dengan jujur mengatakan apa yang ada di pikiran kita tanpa menutupi supaya terlihat lebih baik. Kamu gak berusaha untuk menyalahkan Tuhan, paling nggak di surat kamu, kenapa Dia gak adil dan memberikan talenta yang lebih banyak ke adek kamu daripada ke kamu. Kamu mengakui kalo kamu iri sama adek kamu, itu satu hal yang menurut saya sangat hebat. Gak banyak orang yang mau mengakui kalo mereka punya rasa iri, kebanyakan lebih suka mengomel tentang ketidakadilan Allah daripada mengakui kalo masalahnya sebenarnya rasa iri.

16

Aku ad a probl em nih yang p ,a unya ta lenta y ku punya ade cantik, ang k pa bagus, manis, ndai nyanyi, banyak. Dia pu p sedang kan ak andai maen m nya badan u ngga u jelek, sik d k puny nggak a bada ll. pandai hanya n bagu mae pu yang se nya suara yan n musik dll. A s, la g k aku iri lu dipanggil u bagus. Tapi a u ama di d a, dia j ntuk nyanyi d ekku setiap uga ba i penta aku ke nyak ya s ku salam ng suka , ama ad liah ada aja , y e an k ngehad epinny ku, jadi aku b g ngirim a. Aku o ngeras san iri ama a ngga k a d a teraba ikan, s da artinya, a ekku, aku etiap a ku sela ada ya ku di k ng nya ampus lu pa jadi orang. aku a k Aku ka dang-k u yang selalu nggak ngapa ad n aku dil ahirkan ang nangis se yapa ndirian seperti ini. (Iri) Sampai saat ini saya tetep percaya kalo Tuhan itu mutlak dan absolut. Dia kokinya pasti lagi mabok gak pernah salah, sama waktu masaknya. Tapi kalo sekali!! Mutlak dan absolut kokinya mutlak koki pasti selalu bener. Apapun terbaik dan paling yang terjadi dalam hidup sempurna yang tau kita itu bukan karenaTuhan masakan apa yang paling ceroboh dan bikin salah, enak buat setiap segala sesuatu terjadi pelanggannya, berarti dan diijinkan terjadi bukan masakannya yang untuk bawa kebaikan buat ngaco tapi lidahnya. kita. Yang menjadi masalah justru cara Sampai sa at ini saya pandang dan sikap kita tetep per T u h a caya n itu mutla terhadap rencana Tuhan. k dan absolu kalo Dia gak p t. ernah sala Bagaikan pelanggan yang h, sama s Mutlak da ekali!! n absolut rewel di restoran, kita p Apapun y ang terjad asti selalu bener. mengeluh kalo rencana i dalam h bukan kar idup kita ena Tuhan Tuhan itu gak enak, salah itu ceroboh d salah, seg an bikin bikin, kurang asin dan ala sesuat diijinkan u terjadi terjadi un dan tuk bawa k e baikan buat kita.


Ketika segala sesuatu tidak berjalan dengan baik, jangan marah ke Tuhan tapi justru cari tahu apa yang salah dengan kita. kalo gak ada yang salah cari tahu bagaimana seharusnya kita menanggapi masalah itu. Seperti yang kamu bilang, kamu iri dengan adek kamu, merasa diabaikan dan gak tau apa gunanya hidup. Saya gak bisa ngilangi rasa iri kamu karena itu masalah perasaan dan saya bukan dukun pelet dan gak pernah jadi dukun pellet jadi gak bisa ngerubah perasaan seseorang tapi mungkin saya bisa membuat kamu memandang dari sudut yang berbeda. Bagaimanapun, rasa iri dimulai ketika kita menganggap orang lain berada di tingkat yang lebih tinggi dari kita. Masalahnya, seringkali perbedaan itu muncul karena kita menganggap orang itu beberapa tingkat lebih tinggi dari keadaan sebenarnya dan memandang diri sendiri beberapa tingkat lebih rendah dari keadaan sebenarnya. Sam Walton, pendiri jaringan supermarket WalMart memulai usahanya dari satu took serba ada kecil sampai sekarang menjadi jaringan supermarket terbesar di Amerika dan jaringan hypermart Carrefour dimulai dari 1 toko kecil di pojokan kota Paris. Semua usaha besar dimulai satu usaha kecil yang

17

dikembangkan dengan sungguh-sungguh. Jaringan kosmetik The Bodyshop memulai usahanya dari industri rumah tangga yang membuat sendiri semua kosmetik yang dijualnya. Saya gak tau berapa banyak talenta yang dipunyai Ruth Sahanaya, apakah dia punya talenta lain selain menyanyi. Apakah Ruth Sahanaya jago masak siomay, atau juara lomba makan kerupuk atau piawai angkat besi??? Yang saya tahu, dia punya satu ‘pisau’ yang diasah terus menerus sampai luar biasa tajam dan ketika dia muncul, semua orang ingin mendengar talenta yang diasah sampai tajam itu. Dalam kisah perumpamaan mengenai talenta hamba yang mendapat 1 talenta menolak untuk mengusahakan talentanya dan diusir dari hadapan tuannya. Hamba ini gagal bukan karena talentanya hanya satu, melainkan karena dia gagal untuk melihat bahwa setiap hamba punya tantangan yang sama. Hamba yang mendapat 5 talenta tidak lebih enak dari hamba yang 1 talenta karena dia bertanggung jawab untuk mengembalikan 10 talenta. Sebaliknya hamba yang satu talenta tidak lebih rendah dari hamba yang 5 talenta karena sebenarnya dia “hanya�

bertanggung jawab untuk mengembalikan 2 talenta. Tapi hamba 1 talenta gagal untuk melihat semua ini dan membiarkan rasa iri mengambil alih. Hamba 1 talenta gagal karena dia menginginkan hal besar tapi gak mau setia dalam hal kecil. Apakah orang yang punya banyak talenta lebih mudah hidupnya? Mungkin, tetapi itu tidak rerarti akan lebih mudah untuk mengembangkan talentanya, bahkan akan lebih sulit karena lebih susah mengasah 9 pisau daripada mengasah 1 pisau. Apakah orang yang punya sedikit talenta lebih sulit hidupnya? Mungkin, tapi akan lebih mudah untuk mengasah 1 pisau daripada banyak pisau.. Saya tidak bisa membuat kenyataan menjadi lebih mudah buat kamu. Kenyataanmya, mungkin akan perlu waktu yang cukup lama sampai orang-orang menyadari kalo kamu punya pisau yang tajam. Yang jelas, kalo saat ini kamu lebih terfokus pada siapa yang punya talenta yang lebih banyak dan lupa untuk mengembangkan satusatunya talenta yang kamu punya, hasilnya pasti sad ending. kamu-kamu punya masalah seputar hubungan dengan Tuhan, pergaulan, keluarga, atau pribadi? Min2 di sini bakalan berusaha membantu sebisanya dia. Kamu tinggal kirim pertanyaannya ke question@getmedia-online.com (warning sori pertanyaannya nggak bisa dijawab langsung, tapi bakalan di muat di rubik ini)


16,17