Page 1

gloob! TRAVEL

Menelisik

CANDI RATU BOKO Traveling itu Hidup:

TRINITY Di Balik Keindahan

GUNUNG GALUNGGUNG

UJUNG GENTENG Ragam Keistimewaan

CULTURE

PLEASURE


DOWNLOAD OUR

PREVIOUS EDITION

FREE!

VISIT WWW.GLOOB-ONLINE.COM FOR MORE INFORMATION


editor’s note

GLOOB! M A G A Z I N E

managing editor Faizal Satrio ffaizalsatrio@gmail.com

PHOTO EDITOR Cahya Nugraha cahyaaanugraha@gmail.com

“Mengenal keindahan alam Indonesia dari sisi historisnya”

CONTENT DIRECTOR

Setiap destinasi memiliki daya tarik atau keindahannya masing-masing, yang membuat sebuah tempat memiliki tujuan untuk dieksplor. Suatu tempat tidak akan menarik jika tanpa ada cerita di baliknya. Kebanyakan orang menikmati tempat wisata hanya dengan mata, tanpa mengetahui historis di balik keindahannya. Indonesia adalah salah satu negara yang hampir setiap destinasinya memiliki kisah, baik itu mitos maupun fakta. Empat dari sekian banyak destinasi di Indonesia yang memiliki kisah di balik indahannya adalah Pantai Ujung Genteng, Gunung Galunggung, Leuwi Lieuk, dan Candi Ratu Boko. Untuk itu, pada edisi kali ini Gloob! akan berbagi pengalaman hasil dari eksplorasi empat destinasi tersebut.

Dewa Aji Panggalih dewajipangalih@gmail.com

MARKETING & PARTNERSHIP Fikri Ardiansyah riardiansyah.fik@gmail.com

MK

MIDEA KREATIF Beji, Depok Jawa Barat Indonesia E-mail: redaksi@gloob.online.com partner@gloob-online.com gloob-online.com

@gloobmagz

@gloobmagz

Gloob! Magz


Gloob! 6th Edition

CONTENTS 05 YOU SHOULD TRY:

09 TRAVEL GEARS:

17 CHECKPOINT:

Kali ini Gloob! membawa kalian ke Solo, dan merasakan berbagai makanan bercitarasa khas Jawa. Mulai dari manisnya Serabi hingga gurihnya pecel telah kami rangkum dalam edisi ini

Dari kamera bergaya klasik dengan spesifikasi gila-gilaan, hingga handphone canggih segala medan kami ulas di Travel Gears kali ini.

Edisi ini, Checkpoint diisi oleh sakralnya Candi Ratu Boko, manuai keistimewaan pantai dan penyu di Ujung Genteng, menelusuri pesona baru di balik Leuwi Lieuk, dan merasakan keagungan di balik keindahan Gunung Galunggung.

07 TIPS FOR TRIP:

11 INFRAME:

Pernah ke pantai? Kalo pernah, berarti kalian sering ngerasa pusing karena kulit yang gosong. Nah, mau tau cara mengatasinya? Cek aja langsung tips for trip Gloob! kali ini

Pernah denger Naked Traveler? Yap, buku tentang traveling yang selalu jadi best seller. Kali ini, Gloob! berbincang hangat dengan penulisnya, Trinity.

39 HERITAGE: Museum Sendang Mas masuk dalam Heritage kali ini. Sebuah museum yang terletak di Banyumas, dan memiliki koleksi yang mungkin jarang kita ketahui.


travel info GLOOB! EDISI VI

Air Mancur Taman Sri Baduga Resmi Dibuka Menteri Pariwisata, Arif Yahya, resmi membuka Air Mancur Taman Sri Baduga, Purwakarta,18 Februari 2017 lalu. Selain menjadi ikon kota yang dikenal dengan sebutan Kota Seribu Taman, Air Mancur Sri Baduga juga menjadi air mancur terbesar di Asia Tenggara. Rencananya, setiap sabtu malam akan diadakan pertunjukan seni berupa drama tari, perkusi, hingga tarian kolosal. Tidak ada pungutan apapun untuk menikmati keindahan air mancur ini.

ASEAN International Film Festival & Awards 2017 Indonesia kembali bersaing di ajang ASEAN International Film Festival & Awards (AIFFA) 2017 yang akan diadakan di Kuching, Malaysia, pada 4 sampai 6 Mei mendatang, yang diikuti oleh 10 negara di Asia Tenggara. AIFFA adalah kompetisi bergengsi dua tahunan bagi para pembuat film di ASEAN. Festival film ini mendapatkan pengakuan resmi oleh Sekretariat ASEAN sebagai salah satu kegiatan bersama untuk kelompok regional. Ajang yang didukung oleh Pemerintah Malaysia ini, pertama kali diadakan pada tahun 2013. Festival film kali ini, semakin memikat para sineas Indonesia untuk ikut berpartisipasi aktif dalam kompetisi yang diadakan. “Pembuat film Indonesia akan mendapat manfaat dari menghadiri AIFFA di Kuching melalui sebuah peluang emas, yaitu AIFFA Biz World yang pertama, yaitu sebuah kolaborasi antara AIFFA dan Southeast Asian Audio-Visual As-

1

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

sociation (SAVAA),” ungkap Livan Tanjang, Festival Director AIFFA. Livan menambahkan, “Hal ini memungkinkan pembuat film untuk memanfaatkan SAVAA yang merupakan jaringan investasi media terbesar di kawasan ini dan terdiri dari produser, pemilik IP, distributor, dan pemodal konten.” Film yang berkompetisi tidak hanya film komersil, melainkan juga film indie. Kompetisi ini akan diberikan 16 kategori penghargaan, penilaian tersebut dilakukan oleh para juri Internasional yang merupakan profesional film. Program AIFFA juga diisi dengan serangkaian acara, mulai dari Hollywood MasterClass, maraton film Internasional dan ASEAN dan Gala Night. Pendaftaran untuk mengikuti AIFFA akan segera ditutup pada 15 Maret ini. Untuk pendaftaran, dapat mengunjungi situs resmi AIFFA di www.aiffa2017.com

IORA Summit 2017, Ajang Promosi Pariwisata Tingkat Internasional Sebanyak 21 kepala negara menghadiri IORA Summit 2017 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, 5 sampai 7 Maret 2017 lalu. Melalui foto-foto objek wisatanya yang di pamerkan dalam The Great Voyage Indian Ocean, yang merupakan salah satu pameran di IORA Summit 2017, hal ini menjadi peluang Indonesia untuk menunjukan keindahan Nusantara. Selain itu, sebagai tuan rumah, Indonesia juga menyajikan hidangan khas Nusantara bagi para tamu yang hadir.

Supported by MINISTRY OF TOURISM, REPUBLIC OF INDONESIA.


TRAVEL INFO GLOOB! EDISI VI Kayaker Mancanegara di Toba Kayak Marathon 2017 Toba kembali dihiasi ajang bergengsi, Toba Kayak Marathon 2017. Ajang bertaraf internasional ini setidaknya diisi oleh 50 peserta, yang terdiri dari unsur PODSI, FAJI, PHRI, Basarnas Tobasa, dan masih banyak lagi. Rencananya, Toba Kayak Marathon akan diselenggarakan pada 28 sampai 30 Juli 2017, di Kabupaten Toba Samosir dan diperkirakan dihadiri oleh 300 kayaker mancanegara. Ke depannya, Darwin Siagian, Bupati Tobasa, berencana menjadikan Toba Kayak Marathon masuk dalam calendar of event tahunan Kabupaten Tobasa.

Sport Tourism, Langkah Meningkatkan Kunjungan Wisata

Target Tinggi Pemerintah di 2017

Pada tanggal 4 dan 5 Maret 2017 lalu telah diselenggarakan INDO MXGP Championship, sebuah kejuaran motorcross bertaraf internasional yang berlangsung di Pangkal Pinang, Bangka. Lalu, pada tanggal 22 April 2017 mendatang, ada perlombaan bertajuk Sungailiat Triathlon 2017 yang dilaksanakan di Kota Sungailiat, Ibukota Kabupaten Bangka. Kedua acara ini merupakan bentuk peningkatan kerja pemerintah guna menarik wisatawan dari segala penjuru. Menteri Pariwisata, Arif Yahya, juga menjelaskan bahwa sport tourism memberikan dampak langsung bagi ekonomi masyarakat, juga memiliki nilai pemberitaan yang bagus dalam menjadi sarana promosi efektif.

Tahun 2016 lalu, tingkat efektivitas strategi yang diterapkan pemerintah tergolong tinggi. Bahkan, hingga akhir tahun 2016 kemarin, pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 12,85%. Angka itu bukan hanya berpengaruh pada kredibilitas pariwisata Indonesia di mata dunia, tapi juga mampu menunjang perekonomian Indonesia secara signifikan. Berkaca dari kesuksesan yang diperoleh pada tahun 2016, Kementerian Pariwisata memberanikan diri untuk menargetkan jumlah kunjungan yang terbilang tinggi. Sebanyak 15 juta wisatawan mancanegara dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara merupakan angka yang akan menjadi fokus utama Kementerian Pariwisata tahun ini.

Supported by MINISTRY OF TOURISM, REPUBLIC OF INDONESIA.

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

2


GLOOB! MAGZ volume iv

GET OUR

LATEST MERCHANDISE

Suka traveling? suka nulis? atau suka fotografi? ayo salurin kreativitasmu ke Gloob!. Selain karya kalian bakal dimuat pada majalah Gloob!, kalian juga berkesempatan mendapatkan merchandise eksklusif secara gratis. Kirim karya kalian, dalam bentuk karya tulis ataupun fotografi ke email redaksi@gloob-online.com atau upload karya kalian di Instagram dan tag kami di @gloobmagz

3

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


travel log

ah, sekarang ngerti! By Fadhli K.

Saya sering banget bingung, kenapa banyak dari kita, bahkan media-media berbasis wisata, jarang banget datang dan merekomendasikan tempat-tempat bersejarah seperti Museum Wayang di Kota Tua, atau Monumen Nasional (Monas). Kebanyakan, anak muda sekarang lebih bangga berada di cafe bergaya Eropa klasik dibandingkan datang ke tempat wisata yang punya nilai sejarah tinggi. Saya yang tinggal di Jakarta, kuliah di Jakarta, bahkan orang tua asli Matraman, penasaran, dan coba langsung berkunjung ke salah satu tempat bersjarah di Jakarta yaitu Monas. Saya datang di hari biasa alias weekday, lebih tepatnya Senin 6 Februari lalu, tujuannya supaya di sana tidak terlalu ramai dan bisa lebih mengobservasi keadaan. Langit memang sudah menunjukan waktu senja, tapi pengunjung di Monas masih ramai, bahkan antrean masih cukup panjang. Nah, sebelum masuk Monas saja saya sudah bisa mendapat satu point, yang menjadi alasan kenapa anak muda jarang berkunjung kesana: predikatnya. Entah itu diatur atau kehendak alam, pengunjung Monas memang kebanyakan orang yang sudah berkeluarga. Antrean

sepanjang 10 sampai 15 meter itu, saya hanya melihat 2 pasangan anak muda yang ada di dalamnya. Antreanpun terus bergerak dan mengubah posisi saya menjadi lebih dekat ke pintu masuk. Ada seseorang petugas yang mengatur barisan dengan nada tinggi. Mungkin saya yang terlalu sensitif, tapi saya merasa bahwa sedang diatur layaknya ayam digiring ke kandang. Ada perasaan kurang nyaman yang saya dapat, tapi saya tetap mengikuti dan tetap memperhatikan. Tidak lama berlanjut, saat masuk ke lift saya melihat seorang pria yang bertugas mengoperasikan lift tersebut. Wajahnya lemas, nada bicaranya sangat tidak semangat, membuat saya bingung, harus merasa kasihan atau kecewa. Meskipun menurut saya banyak hal yang mengganjal, tapi sajian informasi bahkan pemandangan yang ada di Monas sangat menjanjikan. Kita bukan hanya puas dapat melihat Jakarta dari ketinggian, tapi kita juga bisa mempelajari sejarah melalui diorama yang ada di dalam museumnya, juga menambah wawasan dengan beragam hal lain yang ada disana.

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

4


YOU SHOULD try! Ragam rekomendasi makanan untuk kalian yang haus akan wisata kulner.

Serabi natosuman jl. m. yamin, solo. Serabi bukan hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Cemilan ini memang memiliki tekstur yang berbeda dengan makanan lainnya. Jika diteliti dari rasa, serabi merupakan makanan yang khas dengan rasa manis, dan tentu saja daerah yang unggul akan makanan bercitarasa manis adalah Jawa, lebih spesifiknya Solo. Selain kaya akan sejarahnya, kota ini juga memiliki keunggulan di bidang kulinernya. Salah satu dan yang paling terkenal adalah Serabi Natosuman. Serabi Natosuman merupakan satu dari sekian banyak legenda kuliner atau jajanan

5

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

bercitarasa manis di Kota Solo. Adonan pas yang diperoleh dari pengalaman pembuatnya selama bertahun-tahun, membuat rasa serabi ini sangat patut untuk dicicipi. Gosong di serabinya bukanlah suatu kesalahan, tapi itu merupakan ciri khasnya. Tenang, semua itu tidak akan merusak kualitas rasa yang terkandung dalam serabi Natosuman. Serabi Natosuman terletak di Jl. M. Yamin, Serengan, Solo. Meskipun memiliki popularitas tinggi, Serabi Natosuman tidak berlebihan dalam mematok harga. Untuk 10 buah serabi khas Solo ini, harganya hanya Rp. 22.000, dan kalian bisa memilih rasa yang kalian inginkan.


YOU SHOULD TRY GLOOB! EDISI VI

nasi liwet wongso jl teuku umar, solo. Nasi Liwet adalah nasi yang dimasak lebih dari matang, sehingga teksturnya mirip seperti bubur namun tidak sehalus tekstur bubur kebanyakan. Mungkin di Jakarta banyak yang mengenal makanan yang satu ini dan biasanya disajikan dengan ikanikanan. Berbeda dengan hal tersebut, Kota Solo memiliki legenda nasi liwetnya sendiri, yakni Nasi Liwet Wongso. Lauk tambahan pada Nasi Liwet ini memang tergolong biasa: irisan ayam, sayur labu, dan telur. Namun, yang membedakan adalah kuahnya, atau biasa dikenal dengan nama areh. Kuah yang dimiliki Nasi Liwet Wongso sangat nikmat. Olahan rempahnya begitu terasa, sehingga rasa gurih pada nasi liwet ini sangat pekat. Nasi Liwet Wongso ini sendiri terletak di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Solo. Harga yang ditawarkan tentunya terjangkau, tergantung menu yang dipilih.

Pecel solo

tahu kupat solihin

jl. dr. supomo, solo. Aneh rasanya jika pecel kami lewatkan dari daftar rekomendasi makanan ini. Pecel merupakan makanan legenda dari pulau Jawa, dan kini telah menyebar ke berbagai daerah dengan variasi yang beragam. Pecel Solo, sebuah tempat makan pecel yang terletak di kota Solo ini telah memiliki popularitas yang sangat tinggi karena kualitas sajiannya. Di Jakarta, pecel lebih sering disajikan dengan gorengan bakwan atau tempe. Berbeda dengan itu, Rumah Makan Pecel Solo memadukannya dengan daun petai cina. Memang terdengar agak aneh, tapi rasa yang dihasilkan dapat memuaskan dahaga wisata kuliner kalian. Rasa yang dimiliki pecel ini sangat khas dengan lidah masyarakat pulau Jawa, khususnya Solo. Bagi kalian yang ingin menikmati kenikmatan rasa pecel ini, kalian cukup datang ke Rumah Makan Pecel Solo, yang terletak di Jl. Dr. Supomo, Pasar Mbeling, Mangkubumen, Solo.

jl. gajah mada, solo. Solo, merupakan kota yang menyimpan beragam hidangan unik bagi siapapun yang mengunjunginya, dan salah satunya adalah Tahu Kupat. Makanan ini wajib dicicipi saat kalian pargi atau singgah kesana, karena rasanya yang enak dan harga yang terjangkau. Apabila kalian ke Solo, cobalah mampir ke Jl. Gajah Mada. Dekat dengan Masjid Solihin, ada penjaja makanan tersebut yang bernama Tahu Kupat Solihin. Bumbu yang dipadu dengan ketupat, tahu goreng, kecambah, mie basah, dan bakwan, sangat pas, sehingga membuat Tahu Kupat Solihin memiliki rasa nikmat yang tak terkalahkan. Hal yang membuat Tahu Kupat ini berbeda adalah kecap manisnya yang memiliki cita rasa khas Solo. Jika kalian ingin melengkapi kekayaan rasa Tahu Kupat Solihin ini, mereka juga sudah menyediakan telur dan kerupuk untuk tambahan.

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

6


TIPS FOR TRIP

kulit gosong setelah ke pantai? ini solusinya!

S

alah satu hal yang pasti terjadi ketika kita usai berkunjung dari pantai adalah kulit yang gosong. Kita bukan bule yang emang nyari hal itu. Wajar kalo rasa panik mulai datang saat kita tau bahwa kulit kita mulai menggelap, dan mungkin keliatan kurang menarik lagi. Nah, ada beberapa cara yang cukup ampuh untuk mengembalikan warna kulit menjadi semula.

lidah buaya

Kentang

Lidah buaya merupakan salah satu stimulus untuk mempercepat sel kulit dalam memperbaiki pigmen. Caranya adalah dengan memasukan lidah buaya ke lemari es agar dingin, kemudian potong dan keluarkan bagian dalamnya, lalu oleskan ke bagian-bagian tubuh kalian yang terbakar matahari.

Eits, kentang ini bukan buat dimakan, ya. Penggunaan kentang untuk memperoleh warna kulit yang cerah secara cepat juga terkenal ampuh. Cara penggunaannya juga hampir sama dengan lidah buaya. Kentang tersebut kalian blender hingga sehalus mungkin, lalu oleskan kesekujur tubuh kalian, dan diamkan selama 20 sampai 30 menit.

Susu

Madu & Jeruk Lemon

Pepaya

Nah, susu yang Gloob! maksud disini digunakan untuk mandi. Yap, lumayan mahal dan agak menyusahkan, tapi cara ini sering disebut sebagai cara tercepat untuk mendapatkan kulit putih alami. Cara penggunannya cukup dengan mencampurkan susu khusus mandi yang dapat kalian beli di toko-toko kecantikan dengan 1/3 air, kemudian rendamkan tubuh kalian ke bak mandi selama 30 menit.

Jika kalian nggak mau cara yang ribet-ribet seperti mandi susu, madu dan jeruk lemon bisa jadi alternatif lainnya. Caranya sederhana banget, hanya dengan mencampur kedua bahan tadi, kemudian gunakanlah pada seluruh tubuh yang terbakar matahari seperti kalian menggunakan masker untuk tubuh.

Cara-cara di atas masih rumit? tenang, masih ada yang paling mudah, yaitu dengan pepaya. Kalian bisa gunakan pepaya yang diblender hingga berbentuk seperti jus, kemudian kalian oleskan dan gosokan ke tubuh seperti menggunakan sabun cair hingga kalian merasa cukup. Jika kalian rutin menggunakannya, kalian dapat melihat hasilnya dalam kurun waktu kurang lebih seminggu.

7

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


TUNE FOR TRIP

Pilihan lagu-lagu yang sangat cocok untuk menemani di segala momen perjalanan seru-mu

sing a traveling song

bye bye

the passanger

JOHNNY CASH Pop-country yang kental pada lagu ini bakal bikin kalian berasa kayak koboi. Lagu ini cocok banget kalo kalian dengerin saat berkunjung ke daerah-daerah seperti Yogyakarta, yang terkenal dengan keelokan budayanya.

RAISA Galau kadang jadi alasan kita traveling, dan lagu dari wanita multitalenta bersuara halus ini sangat cocok untuk pendamping perjalanan kalian. Beat-nya cepat, jadi mood kalian bakal lebih ceria dibanding sebelumnya.

IGGY POP Musik ala Iggy Pop pastinya kental banget di lagu ini. Beat-nya yang agak cepet lebih cocok untuk mendampingin momen saat kalian bingung di perjalanan. Lagu ini bakal bikin kalian berasa dalam film.

there’s one thing you should know

1.000 miles away

AFTERNOON TALK Masih tentang perjalanan mencari rasa riang atas kegalauan hati yang dirasa, lagu dari Afternoon Talk yang bernuansa folk ini wajib kalian denger. Alunannya yang lembut akan membawa kalian ke situasi dan perasaan yang lebih tenang.

HOODOO GURUS Lagu dari Hoodoo Gurus ini sangat cocok kalian dengarkan saat kalian memulai perjalanan yang panjang, jauh dari rumah, dan mungkin ke tempat yang antahberantah. Rasa takut dan penasaran yang menyelimuti akan melunak karena alunan santai lagu ini.

born to be wild STEPPENWOLF Jika kalian hendak melakukan perjalanan yang menantang, berbeda dari biasanya, dan mungkin banyak kepentingan yang harus direlakan demi perjalan itu, pilihlah lagu ini sebagai favorit playlist kalian, lalu mulailah perjalanan liar kalian dengan ceria. WWW.GLOOB-ONLINE.COM

8


TRAVEL GEARS

Ragam rekomendasi dan juga informasi terbaru perlengkapan traveling

roadtrip beach shade Coleman

Jangan sembarangan memilih tenda untuk berkemping di pantai. Bagi kalian yang pernah begitu, pasti kalian merasa panas banget di dalam tenda saat siang hari. Nah, Coleman, salah satu produsen tenda ternama dunia ini punya solusinya. Roadtrip Beach Shade, tenda yang dikeluarkan Coleman ini cocok banget digunakan untuk berkemah di pantai. Tenda ini menggunakan bahan khusus yang membuat dampak negatif dari sinar matahari dapat dialihkan. Roadtrip Beach Shade ini mampu menampung hingga 2 orang dewasa di dalamnya. Ada dua sisi tenda yang dapat dibuka: sisi pertama sebagai pintu utama, dan yang satunya sebagai jendela. Dibandrol dengan harga $44, tenda ini juga masuk dalam kelas superlight tent, yang tentunya sangat mempermudah siapapun yang menggunakannya.

fujifilm x100t Fujifilm

Jika berbicara tentang kamera berkualitas dengan tampilan yang sederhana namun berkelas, Fujifilm nggak mungkin bisa lepas dari pantauan. Salah satu karya terbaik produsen kamera legendaris ini adalah Fujifilm X100T. Bukan hanya memiliki tampilan klasik yang menarik, Fujifilm X100T ini juga memiliki kekuatan yang mampu menakutkan kompetitornya. Dilengkapi dengan kemampuan 16 megapixel yang disertai sensor (APS-C) X-Trans CMOS, gambar yang dihasilkan dari Fujifilm X100T ini sangat detil dan memiliki warna tajam. Dibanding kamera terdahulunya (Fujifilm X100), Fujifilm X100T memiliki gambar yang jauh lebih jernih meski menggunakan ISO 6400. Untuk satu unit Fujifilm X100T, kalian perlu merogoh kocek sekitar Rp. 14.500.000.

9

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


travel GEARS GLOOB! EDISI VI

sony xperia xz Sony

Gloob! pernah merekomendasikan kamera segala medan yang pastinya dapat mempermudah perjalanan kalian. Kami anggap kalian kurang puas, dan ini adalah rekomendasi tingkat lanjut yang tentunya menambah fleksibilitas traveling kalian: Sony Xperia XZ. Ponsel ini bukan cuma tangguh di segala medan atau mampu menahan air selama 30 menit di kedalaman 1,5 meter, tapi juga memiliki spesifikasi yang bikin kaget. Dengan tampilan yang super-stylish, Sony Xperia XZ juga dilengkapi dengan RAM sebesar 3GB, Snapdragon 820, 13MP untuk kamera depan, dan 23MP untuk kamera belakang. Nikmat mana lagi yang kalian dustai jika memiliki ponsel ini? Jangankan foto-foto lucu, bikin vlog atau film dengan gambar kualitas 4K pun mampu dilakukan Sony Xperia XZ ini. Untuk harga, Sony masih membandrolnya dengan harga tinggi, yakni $599, atau sekitar 7 juta rupiah.

hd 202 ii

Sennheiser Berpergian akan semakin asyik jika sambil mendengarkan musik. Agar sensasi mendengarkan musiknya lebih terasa, kualitas headphone juga perlu diperhatikan. Masalahnya, headphone yang menghasilkan suara jernih juga dapat menjernihkan kantong. Rata-rata, harga untuk headphone berkualitas tinggi dan keluaran brand terkenal dapat mencapai angka 3 juta rupiah. Nah, Sennheiser, perusahaan yang bergerak dibidang tersebut mempunyai solusinya, yakni Sennheiser HD 202 II. Sennheiser memang sering banget dapet pujian atas produknya, dan HD 202 II adalah salah satu karya terbaiknya. Banyak keunggulan yang dimiliki Sennheiser HD 202 II ini, seperti Total Harmonic Distortion (THD) di bawah 0.5%, hingga panjang kabel yang mencapai 10 kaki. Untuk segi harga, Sennheiser HD 202 II tergolong sangat terjangkau dibandingkan headphone berkelas lainnya, yakni sekitar Rp. 340.000 per-unit.

adidas s1 3d windbreaker Adidas

Saat melakukan pendakian ke gunung atau tempat-tempat dingin lainnya, kadang kita suka merasa akward sama tampilan kita, karena kita harus menggunakan windbreaker yang kebanyakan berupa kayak jas hujan murahan. Nah, perusahaan super besar Adidas punya solusinya: Adidas S1 3D. Windbreaker keluaran Adidas ini bukan cuma menang gaya, tapi juga punya kemampuan tinggi dalam menghalang angin, sehingga nggak hanya cocok untuk pelari, tapi juga untuk pendaki. Adidas S1 3D Windbreaker ini juga waterproof, jadi kalian nggak perlu takut lagi dengan hujan. Selain itu, windbreaker ini juga dilengkapi dengan hoodie, yang tentunya terjaga kualitas dan modelnya. Meskipun memiliki muatan yang ringan dan beragam kunggulan lainnya, Adidas S1 3D Windbreaker ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 460.000 perbuahnya.

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

10


inframe

trinity Traveling itu hidup

11

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


inframe

GLOOB! EDISI VI

Gloob! berhasil mewawancarai salah satu wanita tangguh negeri ini, Trinity. Bukan hanya pencinta traveling, Trinity adalah sosok di balik cerita-cerita seru yang ada di sebuah buku best seller, The Naked Traveler. Menurutnya, traveling itu adalah hidup. Apa ya maksudnya? Yuk, simak langsung perbincangan santai nan menarik Gloob! bersama Trinity. Negara yang paling maju bidang pariwisatanya? Rata-rata negara maju pengelolaan maju. Kalau kita bicara negara dunia ketiga atau bukan negara developing countries, rasanya sama aja kok. Menurutku, Asia Tenggara masih kalah dengan Amerika Latin, contohnya Peru. Mereka punya pengelolaan yang baik, seperti punya kantor-kantor pariwisata di kota-kota destinasi, informasi jelas, dan website bagus. Apa kelebihan Indonesia jika dibandingkan dengan negara Eropa? Karena Indonesia negara kepulauan, Indonesia punya pantai dan underwater yang sangat

bagus dan udah paling bagus diantara dari seluruh negara yang pernah aku datengin untuk diving Tempat terbaik dengan pengalaman terbaik, dimana? Indonesia! ngga ada duanya Traveling menurut seorang Trinity? Ke suatu tempat yang asing, belum tentu harus luar negeri, dan kita mengeksplor tempat itu

cem, unik dan orang-orangnya lucu. Kedua Amerika dan ketiga itu Afrika. Ini semua karena aku suka alam, kalau Eropa kuat di arsitektur. Barang yang wajib dibawa saat traveling? Handphone, kartu kredit/debit, baju renang Begitu banyak destinasi yang udah dikunjungi, dimana yang tepat untuk menikmati hari tua? Tinggal di sebuah pulau cantik di Timur Indonesia

3 Benua terbaik versi Trinity? Pertama, Asia, karena relatif lebih murah, pemandangan oke, budaya macem-maWWW.GLOOB-ONLINE.COM

12


inframe GLOOB! EDISI VI “The Naked Traveler, Across the Indonesian Archipelago,� apa latarbelakang dibalik buku ini? Ini satu-satunya buku yang diterjemahkan kedalam bahasa inggris, karena target market-nya orang asing. Buku-buku tentang Indonesia, lebih banyak ditulis oleh bule, tidak ada yang ditulis dengan kacamata orang Indonesia Traveling dulu lalu membuat buku atau sebaliknya? Buat aku, traveling itu adalah hidup. Setiap aku traveling aku ngga pernah ditargetkan akan ditulis kecuali disponsorin. Ngga semua tempat bisa ditulis, jadi memang yang berkesan dan unik aja yang aku tulis. Setiap aku traveling atas dasar pergi-pergi aja dan untuk mencari bahan untuk tulisan. Ngga pernah ditulis disana ataupun ditargetkan jadi buku. Apa adanya aja.

Ada rencana menulis tema yang lain? Sebelumnya aku pernah bikin dengan tema lain, tapi anthology, ya. Tentang travelog, cinta-cintaan, horror, dan itu semua benang merahnya masih tentang traveling. Bukan karena ngga pengen keluar tema, Cuma aku mearasa itu adalah keahlian aku. Kalo cinta-cintaan udah banyak banget saingannya “The Naked Traveler�, ada target akan sampai berapa seri? Ngga pernah ditarget. Pokoknya selama udah kekumpul jadi satu buku, ya aku terbitin. In the mean time, jalan-jalan aja dulu dan nulis aja terus.

Sejak kapan suka nulis? Tulisan pertama? Aku suka nulis dari umur 6 tahun, dan aku juga suka jalanjalan. Itu kenapa bikin travel blog atau jadi travel writer karena menulis dan jalan-jalan adalah strenght yang aku punya. Aku dari kecil dibiasain nulis karena dikasih diary oleh orang tua. Mungkin karena itupula aku jadi nulis blog, seperti mindahin tulisan diary jadi online. Blog sudah kurang diminati, ada pendapat? Bukan hanya blog, ya, tapi pada dasarnya anak zaman sekarang ngga bisa baca. Mau dalam bentuk printed, blog, mereka ngga bisa spend time lama untuk membaca. Memang dunia ini sudah berubah. Buku pun aku juga mengalami pengurangan pembaca, terus blog juga begitu, traffic-nya semakin turun. Apalagi sekarang banyak portal-portal berita yang bikin cerita pendek-

13

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

pendek dengan judul yang heboh. Kalaupun anak-anak jaman sekarang punya blog, isinya adalah perpanjangan instagramnya aja, isnya foto dengan caption. Karena time spent orang untuk membaca itu berkurang, orang jadi menulisnya jadi berkurang, ‘kan. Basically, orang bisa menulis karena dia banyak membaca. Aku khawatir semakin lama kedepannya, penulis jadi semakin berkurang. Aku bersyukur, justru dedikasi dan kerja kerasku selama 12 tahun berbuah hasil. Memang aku melakukannya itu berdasarkan passion, karena aku suka. Sampai sekarang aku masih amaze bahwa 12 tahun punya blog dan masih terus aktif. Sementara, orang-orang lain melakukan hanya karena ikut keren, punya travelog supaya bisa jalan-jalan gratis. Motivasi begitulah yang membuat mereka malah justru provoked oleh perkembangan jaman


inframe

GLOOB! EDISI VI

Naked menjadi Nekad? Filmnya bukan ditargetkan untuk pembaca buku, tapi diluar pembaca. Film 13 tahun ke atas alangkah baiknya untuk menggunakan kata yang lebih sopan dan tidak provokatif Riset 2 tahun, ada yang bisa diceritain mengenai ini? Bukan hanya sekedar riset untuk faktor yang bikin lama. Contoh, penulis skenario udah ganti 3 kali, terus formasi casting, sutradara dan sebagainya udah berkali-kali karena beratnya jadwal. Banyak faktornya. Keterlibatan dalam pemilihan aktor/aktris? Ngga ada peran sama sekali. Karena Industri film Indonesia ngga kayak gitu, kan. Kalo Hollywood, bikin biopic, akan mencari yang semirip-miripnya bahkan kalau perlu dikurusin sampai 20 kilo. Ini ngga kayak gitu. Aku dari awal udah low expectations, pem-

erannya siapa ajalah. Kalo pembaca maunya yang sesuai dengan profil aku. Lagipula ini cerita dari The Naked Traveler yang awal, which is aku masih mbak-mbak kantoran, masih muda, jadi cari aktris untuk peran aku dengan profil umur 20-an Penilaian filmnya? Aku puas, ya. Memang dariawal aku sudah tau target marketnya adalah remaja dan 20-an. Formulanya kira-kira aku udah bisa mikirlah bahwa yang main harus siapa, ceritanya gimana. Malah, menurutku karena aku udah tau begitu, film ini melebihi ekspektasi, karena Maudy (Ayunda) mainnya bagus sekali. Aku seperti menonton diri sendiri dengan wujud yang lebih cantik. Dia seperti kemasukan roh aku gitu. Penulis skenario, Rahabi Mandra, menulis film ini bukan berdasarkan plot tapi berdasarkan karakter. Film ini tidak pure diadaptasi dari buku, tapi ini

malah tentang kisah hidupku yang didramatisir, istilahnya begitu Based on social media, kayaknya hobi fotografi juga? Nggak, sih. Aku tuh kalo lagi jalan-jalan, terus terang orangnya males motret. Apalagi zaman sekarang orang udah beralih ke vlogging. Motret aja males, apalagi aku vlogging. Aku jadi seneng dan “terpaksa� motret karena sejak jaman dulu, dari awal, blog aku konsepnya ngga ada foto sama sekali, sampai dituduh orang-orang hoax. Akhirnya aku bikin fotolah. Terus mulai ada social media yang harus diisi feed-nya, jadi terpaksa motret. Trinity kalo lagi ngga traveling, ngelakuin apa? Tidur, nonton tv, baca buku.

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

14


FOCUS

pantai tanjung tinggi

FOTO: RAKHA HERTRIANTO B. Diawal tahun, biasanya akan banyak sampah organik di pantai Tanjung tinggi berupa daun hingga rumput laut yang terhempas ke laut karena kuatnya angin. Waktu ideal ke pantai ini adalah pertengahan tahun saat musim panas.

15

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


FOCUS

suasana desa FOTO: AHMAD PUTRA A. K.

Foto ini saya ambil di kampung saya, Bojonegoro. Saya dan keluarga memang sudah tidak tinggal disana, tapi sangatlah menyenangkan berada disana. Melalui foto ini, saya ingin menggambarkan perasaan yang selalu saya dapat saat saya kembali ke kampung halaman, yaitu tenang, sejuk, dan jauh dari keributan kota. Hampir setiap tahun saya ke Bojonegoro. Tidak pernah ada lelah ataupun bosan saat saya berkunjung kesana. Kampung saya memang bukan tempat wisata, tapi tetap memiliki pemandangan dan kenyamanan yang mampu bersaing dengan lokasi-lokasi wisata di Indonesia.

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

16


checkpoint

MENELISIK

CANDI RATU BOKO Candi Ratu Boko bukan hanya menarik karena memiliki pemandangan cantik, tapi juga memiliki banyak nilai bersejarah yang terkandung di dalamnya, baik itu diperoleh dari makna arsitekturnya maupun legenda besar yang ada di baliknya. Teks & foto: Faizal Satrio

19

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


checkpoint beach hopping issue

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

18


checkpoint GLOOB! EDISI VI checkpoint

“Candi Ratu Boko ini adalah singgahsana Raja Bangau, yang sederhananya adalah ayah dari salah satu tokoh terkemuka legenda Pulau Jawa, Roro Jonggrang�

I

ndonesia memang menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Hal itu keliatan jelas banget dari banyaknya peninggalan-peninggalan zaman dulu dari pakaian, sampai bengunan-bangunan yang masih terlihat kokoh, bahkan masih bisa digunakan. Salah satu bangunan peninggalan sejarah yang memiliki daya tarik dari segi historis dan arsitekturnya adalah Candi. Di Indonesia sendiri sudah ada puluhan atau mungkin ratusan candi, karena jumlahnya yang masih simpang siur, bahkan masih ada candi-candi baru ditemukan yang terpendam dan belum digali. Kalo bicara candi, candi terbesar di Indone-

19

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

sia sudah pasti Candi Prambanan atau candi Roro Jonggrang, yang ada di wilayah Jogjakarta. Eits... tapi ternyata Jogja nggak Cuma punya 1 candi loh, ternyata ada puluhan candi yang tersebar di beberapa kabupatennya. Salah satunya adalah candi yang saat ini populer di kalangan traveler, yaitu Candi Ratu Boko. AYAH DARI rORO JONGGRANG Candi atau situs yang dalam bahasa Jawanya Candhi Ratu Baka ini, terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, kurang lebih sekitar 90 menit dari pusat kota. Candi ini

memiliki luas keseluruhan lahan sekitar 25 hektar. Menurut kepercayaan sekitar, candi ini sudah ada atau sudah mulai dipergunakan sejak abad ke-8. Situs ini petama kali dilaportkan oleh Van Boeckholzt pada tahun 1790. Nama dari Ratu Baka atau Ratu Boko ini bersasal dari legenda setempat yang berarti Ratu Baka, jika di terjemahkan adalah Raja Bangau. Ratu Baka adalah orang tua atau ayah dari Roro Jonggrang dan Candi ini masih memiliki kaitan dengan legenda Loro Jonggrang.


checkpoint CARUB CIREBON

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

20


CANDI DI ATAS BUKIT Selain dari historisnya, Ratu Boko juga memiliki keunikan dari segi arsitektur atau bangunannya. Jika dilihat, bentuk candi ini nggak seperti candi-candi lain yang hanya berbentuk bangunan untuk tempat keagamaan, melainkan Candi Ratu Boko ini terlihat seperti komplek yang memiliki gerbang masuk, kolam pemandian, tempat tinggal, sampai memiliki pagar untuk melindungi. Ratu Boko sendiri juga dibangun di tempat yang cukup tinggi, yaitu di atas bukit yang merupkan cabang dari Pegunungan Sewu. Jadi, udara di sekitar candi ini masih sejuk dan segar. Bahkan nggak cuma udaranya aja, pemandangannya pun masih hijau karena dikelilingi pohon-pohon yang cukup rindang. KEKAYAAN YANG DIAKUI Salah satu momen paling favorit di candi ini adalah sunset-nya yang jika beruntung kalian akan mendapatkan pemandangan indah matahari yang berada di tengah-tengah gerbang dari candi ini. Jika kalian ingin

21

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

berburu sunset di candi ini, disarankan untuk melihat prediksi cuaca terlebih dahulu. Candi ini sudah dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan Situs Warisan Dunia sejak tahun 1995. Sudah pasti candi ini memiliki daya tarik tersendiri. AGAR LELUASA, BUKAN BOROS Nah, bagi kalian yang mau berkunjung dan merasakan berbagai sensasi seru yang ada di Candi Ratu Boko, Gloob! bakal ngasih tau gimana caranya. Pertama, kayaknya emang agak susah jika kalian ngecer, alias naik angkutan umum yang keberadaannya masih dipertanyakan. Saran dari kami adalah menyewa motor, yang perharinya dikenakan biaya sekitar 50 sampai 70 ribu rupiah. Bukan tentang praktisnya, tapi menyewa motor itu sebenarnya jauh lebih irit dan menghemat waktu, jadi kalian bisa lebih mengeksplor tempat yang sedang kalian tuju. Bagi kalian yang sudah tau letak Candi Prambanan, maka untuk mengetahui lokasi Candi Ratu Boko akan jauh lebih mudah, karena destinasi yang hendak kalian kunjungi hanya ber-

jarak 3 kilometer atau 15 menit dari Candi Prambanan. Sederhananya, Candi Ratu Boko itu terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sepanjang perjalanan, kalian akan disuguhi pemandangan yang apik, manis, dan penuh pesona khas Indonesia. Gunung, sawah, dan suasana pedesaan bakal melengkapi serunya perjalan wisata kalian ke Candi Ratu Boko. Persoalan biaya, destinasi wisata yang satu ini nggak akan bikin kalian tersedak, karena tiket masuknya hanya Rp 25.000/orang. Meskipun Candi Ratu Boko sudah cukup terkenal dan sangat banyak yang mengunjungi, kebersihan tempat ini masih terjaga banget, jauh dari kategori ‘jorok’. Selain itu, karena Candi Ratu Boko terletak di dataran yang terbilang cukup tinggi, pemandangan di sekitarnya juga cukup kharismatik. Kalian bisa melihat indahnya Yogyakarta dari salah satu spot yang ada di Candi Ratu Boko. Selamat traveling!


checkpoint

perceiving purwokerto

LEUWI LIEUK

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

12


checkpoint

ragam keistimewaan

ujung genteng Selain berlokasi tidak terlalu jauh dengan ibukota Jakarta, di Ujung Genteng kalian bukan hanya disuguhi kenikmatan atas pemandangan pantai yang ada, melainkan kalian juga dapat melihat dan berdekatan dengan salah satu binatang laut yang susah ditemukan: penyu. Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

23

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


checkpoint

perceiving purwokerto

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

24


checkpoint GLOOB! EDISI VI tamansari gua sunyaragi

“Selalu banyak hal baru yang dapat ditemukan di Ujung Genteng�

25

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

Ujung Genteng adalah kawasan wisata yang memiliki popularitas tinggi. Bukan hanya karena keindahan alamnya saja, tapi Ujung Genteng juga terkenal dengan keramah-tamahan masyarakatnya. Bukan pertama kalinya Gloob! melakukan ekspedisi ke tanah Sunda yang penuh pesona ini. Meskipun demikian, banyak hal baru yang selalu kami temukan di tempat ini. Ujung Genteng sebenarnya adalah sebuah desa, yang lebih tepatnya terletak di Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Namun, kebanyakan orang dan wisatawan yang berkunjung lebih akrab dengan sebutan Ujung Genteng untuk mencakup segala keindahan yang ada di

kawasan tersebut. Setiap pantai yang ada di Ujung Genteng memiliki nama, antara lain adalah Pantai Minajaya, Pantai Pangumbahan, Pantai Amanda Ratu, Pantai Pasir Putih, Pantai Ombak Tujuh, dan Pantai Cibuaya. Dua Pantai Rekomendasi Dari keenam pantai yang telah disebutkan, ada dua pantai yang paling Gloob! rekomendasikan untuk kalian kunjungi, yaitu Pantai Pangumbahan dan Pantai Ombak Tujuh. Gloob! akan memberikan beberapa penjelasan tentang alasan mengapa kami merekomendasikan kedua pantai tersebut.


checkpoint CARUB CIREBON

untuk berenang-renang lucu. Pantai ini lebih ditujukan untuk peselancar. Eits, bukan peselancar sembarangan, ya, melainkan harus profesional. Pantai Ombak Tujuh juga kerap dijadikan lokasi untuk perlombaan selancar kelas internasional. Begitu terkenalnya keganasan gelombang lautan di Ombak Tujuh, media seperti WannaSurf mengkategorikan Ombak Tujuh sebagai salah satu spot surfing terbaik di dunia. Meskipun kurang bersahabat untuk dijadikan tempat berenang, tapi untuk kalian yang hobi dan mencintai momen saat memandangi keindahan alam, Ombak Tujuh patut dijadikan list destinasi yang harus kalian tuju ke depannya.

Pantai Ombak Tujuh Pertama, Pantai Ombak Tujuh. Pantai Ombak Tujuh, atau warga sekitar lebih suka mempersingkatnya dengan sebutan Ombak Tujuh ini bukanlah pantai yang bisa dijadikan ajang

Pantai Pangumbahan Kedua, Pangumbahan. Pangumbahan lebih memungkinkan untuk dijadikan kolam renang alami. Bukan cuma pemandangan eksotis, Pantai Pangumbahan juga memiliki pasir putih yang sangat halus. Meskipun Pantai Pangumbahan lebih swimable, bukan berarti ombak disana nggak

ganas, ya. Ombaknya tetap ganas, tapi terhalang oleh karang. Nah, jika kalian ingin berenang di Pasir Putih, usahakan jangan terlalu jauh dari garis pantai, karena 20 meter dari pantai itu langsung palung dalam. Selain itu, air laut di Pantai Pangumbahan juga masih jernih, karena kebersihan disana sangatlah dijaga. Nah, alasan kenapa keempat pantai lainnya kurang begitu direkomendasikan adalah karena kebersihannya. Secara keseluruhan, pantai-pantai di kawasan Ujung Genteng memang tergolong lebih bersih dibanding dengan pantai-pantai yang berada di kawasan Pelabuhan Ratu, tapi bukan berarti semua pantai itu dapat memuaskan dahaga vitamin sea kalian. Di luar itu, Pantai Pangumbahan bukanlah pantai umum yang bisa dimasuki sembarangan orang. Spot itu merupakan kawasan konservasi penyu. Ada tembok besar yang sebenarnya memisahkan bagian Pantai Pasir Putih dengan pantai lainnya, namun tembok tersebut kini telah hancur sebagian, sehingga siapapun bisa masuk ke dalamnya.

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

26


GLOOB! MAGZ

21

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


checkpoint GLOOB! EDISI VI Tidak Semua Tukik Dilepaskan Konservasi penyu di Ujung Genteng sudah berdiri dari tahun 2008. Dulunya, di bawah tahun 2008, konservasi ini dikelola oleh pihak swasta, yang sebagian besar karyawannya adalah warga sekitar. Pengelolaan saat itu terbilang cukup memprihatinkan, karena telur-telur penyu atau tukik tidak semuanya dilepaskan, melainkan dibagikan juga ke pengelola. Nah, setelah pengelolaan konservasi ini dipegang penuh oleh pemerintah, telurtelur penyu tersebut dilepaskan ke alam sepenuhnya. Beberapa bulan yang lalu, lebih tepatnya pada awal Januari 2017, pengelolaan konservasi penyu ini telah dialihkan ke tangan pemerintah Jawa Barat, yang sebelumnya tengah dikelola oleh pemerintah Kabupaten Sukabumi. Pengalihan ini merupakan salah satu bentuk dari rangkaian program safari pembangunan Jabar. Hidup Dalam Bak Mandi Banyak kisah yang kurang enak kami dapatkan dari konservasi penyu di Ujung Genteng ini. Salah satu dan yang cukup menyedihkan adalah kurangnya lahan berupa kolam untuk para penyu yang diternakan. Menurut penuturan salah satu pengelola yang Gloob! wawancarai saat mengunjungi konservasi penyu ini, ada beberapa penyu yang sudah 2 tahun lebih diternakan dalam bak berdiameter 60 centimeter. Ada beberapa kalimat bijak yang keluar dari mulut pengelola tersebut dan sulit untuk dilupakan, “Saat ini ‘kan sudah dipegang (pemerintah) Jawa Barat. Saya sih nggak mau minta yang muluk-muluk, cukup kolam yang layak buat mereka (penyu). Kasian tuh yang itu sama yang itu (sambil menunjuk penyu albino yang sangat jarang dan penyu hijau berusia 3 tahun), itu sudah disitu (bak mandi) sekitar 2 tahun�. Hal itu tentunya sangat memprihatinkan, karena Balai Konservasi Penyu Pangumbahan ini merupakan satu-satunya konservasi penyu yang ada di Jawa Barat. 1:1000 Tukik Kembali ke Penangkaran Kemungkinan tukik-tukik (anak penyu) kembali ke tempat tersebut setelah dilepaskan sangatlah kecil. Hanya sekitar satu berbanding seribu. Ada beberapa hal yang menyebabkan penyu enggan kembali ke tempat dimana Ia dilepaskan, dan salah satu yang paling krusial terjadi di lokasi tersebut adalah kebersihan pantai dan lautnya. Setidaknya, butuh waktu 25 tahun untuk melihat kembali tukik yang dilepaskan. Maka dari itu, kesadaran kita dalam menjaga dan melestarikan alam sangatlah berdampak besar bagi kelangsungan makhluk hidup lainnya. Budayakan hidup bersih demi alam yang juga bersih untuk anak dan cucu kita kelak. WWW.GLOOB-ONLINE.COM

28


GLOOB! MAGZ volume iv

checkpoint

pesona baru di balik

leuwi lieuk Tujuan wisata yang sempat heboh di masyarakat ini mempunyai daya tarik baru, yang tentunya memiliki pesona dan keindahan tak ada dua. Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

29

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


CHECKPOINT

perceiving purwokerto

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

30


GLOOB! MAGZ volume iv

L

euwi Lieuk, atau orang kebanyakan lebih sering nyebutnya Leuwi Hejo ini sempat viral di media sosial karena keindahannya. Tapi, berjalan seiringnya waktu, popularitas yang disandangnya mengurang dan semakin sedikit peminatnya. Alasannya sederhana, yaitu sudah banyak yang tau, dan tentunya sampah yang berserakan dimana-mana. Menanggapi hal tersebut, warga sekitar yang berperan sebagai pengelola tempat wisata tersebut berinisiasi untuk mencari cara, dan alhasil, mereka menemukannya. Penemuan ‘Surga’ Baru Bukan merapihkan kawasan atau mempermurah harga tiket sebagai stimulus penarik perhatian, warga sekitar malah menemukan ‘surga’ baru yang terletak tepat di belakang Leuwi Lieuk. Dari pertama kali Glob! singgahi, Leuwi Lieuk yang terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, ini memang terlihat seperti ada jalur lagi di bagian timur lokasi wisata tersebut. Tapi, saat itu jalurnya belum rampung, alias buntu. Setelah beberapa waktu, akhirnya tim Gloob! mendapat kabar bahwa jalur tersebut telah resmi dibuka

31

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

pada bulan Desember 2016. Nggak pakai banyak birokrasi, kami langsung datang dan melihat hal baru yang ada disana. Sebenarnya, yang ingin diperlihatkan warga sekitar adalah Curug Cibaliung, namun Gloob! jauh lebih tertarik dengan keindahan tebing yang ada di balik Leuwi Lieuk tersebut. Sensasi dan pemandangan yang ada di balik Leuwi Lieuk itu membuat kita serasa lagi di Green Canyon, Pangandaran. Untuk ke tempat ini, setidaknya kalian memerlukan berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit, menaiki dan menuruni anak tangga, juga melewati beragam obstacle yang ada disana, namun semua kerumitannya akan terbayar saat

kalian sampai. Masih Tetap Terjangkau Untuk harga masuk, kawasan wisata ini memang tergolong membingungkan, karena kalian dituntut bayar lagi jika ingin memasuki spot yang berbeda. Tapi tenang, semua biayanya masih terbilang murah. Untuk masuk kawasan kalian dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000, lalu parkir sebesar Rp. 5.000, dan retribusi lanjutan di gerbang Leuwi Lieuk sebesar Rp. 5.000. So, kalo ditotalin nggak sampai Rp. 50.000, ‘kan?


CHECKPOINT CARUB CIREBON

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

32


GLOOB! MAGZ volume ii

checkpoint

di balik keindahan

galunggung Di balik pemandangannya yang sangat memikat, Gunung Galunggung menyimban banyak cerita juga hal-hal yang tak terduga lainnya. Salah satu yang paling menyita perhatian adalah adanya hewan buas disana. Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

27

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


CHECKPOINT duo favorit issue

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

28


checkpoint GLOOB! EDISI VI

S

elalu ada tempat yang akan bikin kita bangga atas ciptaan Tuhan. Menurut Gloob!, salah satunya adalah Gunung Galunggung. Kalo ngomongin soal alasan, memang agak susah buat dijelasin. Kalian wajib dateng dan rasain sendiri sensasi sekaligus pemandangan yang nggak ada duanya di Galunggung. Memiliki ketinggian 2.167 di atas permukaan laut, hal itu tentu saja menyebabkan suhu di kawasan Galunggung tergolong dingin. Objek wisata yang terletak 17 km dari kota Tasikmalaya ini merupakan salah satu ikon kebanggaan dan destinasi yang banyak dituju wisatawan, baik lokal maupun mancangara. Jika dijabarkan dalam bentuk angka, kunjungan wisatawan lokal memang masih lebih banyak dibanding wisatawan mancanegara. Potensi & Kenyataan Dalam setahun, kunjungan wisatawan ke Gunung Galunggung dapat mencapai 200.000 pengunjung, dan 100 diantaranya adalah wisatawan mancanegara. Angka tersebut masih tergolong sangat sedikit, karena berbagai sajian wisata yang ada di Galunggung memiliki potensi yang besar untuk digali dan dikembangkan ke ranah internasional dalam segi pariwisata. ratusan Anak Tangga Menanti Untuk mencapai ke puncak Galunggung, jalur yang harus kalian lalui tidaklah terlalu sulit, tapi tidak juga dibilang mudah. Kalian harus menaiki 510 anak tangga untuk melihat keagungan Sang Pencipta dari puncak Gunung Galunggung. Sebenarnya ada jalur yang terlebih dahulu dibuat, atau orang kebanyakan menyebutnya Tangga 1. Menurut penuturan warga sekitar, tepat 3 tahun setelah meletusnya Galunggung pada tahun 1822, yang sedikitnya memakan 4.000 korban jiwa, Tangga 1 dibangun pemerintah guna mempermudah akses warga sekitar ke puncak Galunggung untuk mencari kayu bakar atau yang lainnya. Kini, Tangga 1 kurang diminati. Selain karena jalurnya lebih panjang, kondisi Tangga 1 juga sudah agak rusak. Meskipun demikian, masing-masing tangga memiliki pemandangan yang luar biasa indah.

35

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


CHECKPOINT

perceiving purwokerto

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

36


checkpoint GLOOB! EDISI VI setu patok

How & How Untuk mencapai Galunggung, kalian bisa berkendara menggunakan mobil atau motor pribadi ke arah Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya. Dari kejauhan, kalian akan dipermudah dengan penampakan megahnya gunung tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk menapakan kaki di Gunung Galunggung dari pusat kota Tasikmalaya sekitar 30 menit. Dari segi biaya, berwisata ke Gunung Galunggung merupakan pilihan terbaik bagi bacpacker. Bukan hanya karena aksesnya yang mudah, tapi harga tiket masuknya pun tergolong murah, yakni Rp. 6.500/orang. Nantinya, kalian hanya tinggal membayar parkir. Biaya parkirnya pun tidak tentukan besarnya. Seikhlas kalian untuk memberi.

37

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

Awas! Sepanjang perjalanan menuju Galunggung, lebih tepatnya sebelum gerbang masuk, mungkin kalian akan disambut oleh gerombolan monyet-monyet liar yang menghuni hutan disana. Akan terasa seperti di Taman Safari, Bogor, jika kalian menggunakan mobil, tapi sangat dianjurkan untuk tidak membuka jendela lebar. Apabila kalian ingin melakukan interaksi kecil dengan monyet, usahakan untuk menjaga jarak dan tentunya tidak keluar dari kendaraan. Keberadaan monyet-monyet liar itu merupakan bentuk terjaganya alam Galunggung. Dijaga tapi Dijual Ada salah satu hal yang paling mengganggu tim Gloob! saat sampai di Galunggung, yakni penjualan Bunga Edelweiss. Bunga yang dijuluki Bunga Abadi ini sangat dilindun-

gi pencinta alam. Bunga Edelweiss hidup pada ketinggian 1.800 hingga 3.000 meter di atas permukaan laut, dan bunga inipun menjadi simbol nasional bagi negara Austria, Switzerland, Slovenia, Bulgaria, dan Romania. Di beberapa lokasi pendakian, banyak terdapat himbauan keras bahwa pemetikan Bunga Edelweiss sangatlah dilarang. Sayangnya, hal itu tidak berlaku di Gunung Galunggung. Parahnya lagi, bunga ini hanya dihargai tidak lebih dari Rp. 20.000. Bunga yang masuk dalam keluarga Asteraceae, atau sekelompok dengan Bunga Daisy ini hanya boleh dipetik dan digunakan untuk kepentingan pengobatan. Penyakit yang kerap menggunakan Edelweiss sebagai bahan obat biasanya berhubungan dengan perut dan pernafasan. Termasuk dalam kategori penyakit berbahaya. Maka dari itu bunga ini sangatlah dilindungi banyak pemerhati alam.


CHECKPOINT CARUB CIREBON

itu baru awal Gunung Galunggung sebagai objek wisata sangatlah mampu untuk memanjakan kalian semua dalam mencari ketenangan. Banyak yang dapat kita lihat, dan tentunya menjadi salah satu rekomendasi Gloob! yang wajib kalian datangi. Seperti yang telah dijelaskan, ada perjuangan menaiki 510 anak tangga untuk pencapai Puncak Galunggung, dan hal itu belumlah berakhir. Apabila kalian ingin melihat keindahan Galunggung secara menyeluruh, kalian wajib turun lagi ke kawah yang terletak tepat di tengah-tengah gunung tersebut. Yap, di puncak Galunggung terdapat kawah alami, yang terbentuk akibat letusannya. Lalu, bisakah kawah tersebut meluap? Jawabannya adalah tidak. Di dekat kawah tersebut terdapat sebuah saluran air yang mengalirkan air ke bawah gunung, dan tetap menjaga

volume air yang ada di kawah tersebut. Selain kawah, kalian juga bisa mendaki bukit kecil yang ada di tengah kawah tadi. Pemandangannya jauh lebih unik. Kalian bisa melihat megahnya Gunung Galunggung dan tebing-tebing besar yang ada di depan bukit itu. Dari bukit itu juga kalian bisa melihat dengan jelas adanya air terjun atau curug di tebing tinggi. Tidak sampai disitu, Galunggung juga memiliki kisah-kisah unik yang ada di baliknya. Mitos & Hewan Buas Galunggung Salah satu kisah, atau mungkin mitos, yang paling terkenal adalah bak mandi di salah satu sisi puncak Galunggung. Jika kalian berada di puncak Galunggung, cobalah mengelilingi kebagian barat gunung tersebut. Nantinya, akan ada sebuah bak berisikan air yang terletak di pinggir jalur. Nah, air

yang ada di dalam bak itu dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, bahkan kesialan. Wajar apabila kalian melihat ada yang membasuh wajah atau mungkin mandi di tempat itu. Kisah lainnya adalah hewan liar. Di Galunggung diperbolehkan untuk menginap atau camping. Nah, berdasarkan cerita beberapa pendaki yang disampaikan ke warga sekitar, banyak yang melihat macan tutul berkeliaran di lokasi tersebut. Hal itu masih belum bisa dibilang valid sepenuhnya. Namun, Galunggung kenyataannya memang masih banyak menyimpan hewan liar yang sering warga sekitar lihat, seperti babi hutan, ular, dan tentunya monyet.

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

38


GLOOB! MAGZ volume iii

HERITAGE

museum sendang mas Sendang mas merupakan sebuah museum yang banyak mengoleksi wayang-wayang khas banyumas, dan mungkin beberapa dari kalian belum pernah mendengar salah satu jenis wayang yang menjadi koleksinya. Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

33

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


temu tanpa jemu

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

34


heritage GLOOB! EDISI VI

M

useum Sendang Mas adalah sebuah museum wayang yang terletak tepat di pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas, lebih tepatnya di Jl. Gatot Subroto, No. 1, Kabupaten Banyumas. Museum ini tergolong tua, karena telah dibangun sejak 31 Desember 1982. Meskipun banyak tokoh wayang yang ditampilkan pada museum ini, namun yang menjadi sorotan utama di Sendang Mas adalah tokoh Bawor. Bawor adalah tokoh yang akrab dengan masyarakat Banyumas, karena Bawor dianggap sebagai wayang representatif sifat warga Banyumas yang apa adanya, jujur, bertanggung jawab, dan juga terbuka. Selain itu, ada pula perangkat kesenian musik tradisional yang sudah ada sejak zaman Majapahit, yaitu Gamelan Sekaten. Sangat banyak jenis wayang dan maknanya yang berbeda-beda, seperti wayang yang menggambarkan Walisongo: Dawala, Bagong, Bagal Buntung, Gareng, Cungkring, Curis, Bitarota, dan Ceblok. Wayang yang ada di Sendang Mas ini sangatlah beragam, dan salah satu yang paling unik adalah Wayang Suluh. Sesuai namanya, Wayang Suluh kerap digunakan untuk memberikan penyuluhan untuk warga Banyumas, terutama saat masa perjuangan kemerdekaan. Wayang ini juga menekankan pesan-pesan positif guna memberikan aura yang juga positif kepada masyarakat luas. Wayang Suluh dibuat oleh Jawatan Penerangan RI sekitar tahun 1947. Wayang ini merupakan bentuk pengembangan dari Wayang Wahana yang telah dibuat oleh RM Soetarto Hardjowahono dari Solo pada tahun 1920. Uniknya, meskipun memiliki beragam koleksi jenis wayang, serta kaya akan informasinya, harga tiket masuk ke Museum Sendang Mas ini hanya Rp. 1.000. Sedihnya, walaupun harga tiket masuk sangatlah murah, kunjungan ke lokasi tersebut terbilang sepi.

41

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


sendang mas

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

42


GLOOB! MAGZ EVENT EDISI V

HEAR IT: RAGAM BIDANG, RAGAM KREATIVITAS

F

reak Gig kembali muncul dengan event terbarunya, “Hear It”, yang digelar pada 3 & 10 Maret 2017 di WTF Street Bar, Kemang, Jakarta Selatan, dan 9 Maret 2017 di Cinere Belleveu. “Kali ini dibikin 3 hari biar narik massa aja. Konsepnya juga agak diganti jadi ke venue yang lebih terbuka, biar nggak overload kayak kemaren (Rockgasm),” tutur Faiz, pelaksana acara. Freak Gig memang sudah tidak asing lagi diranah musik indie dalam menciptakan event yang berkualitas, dan salah satunya adalah Rockgasm, sebuah acara musik bertema Rock, yang sekiranya sudah lebih dari 7 kali digelar. Namun, melalui “Hear It”, Freak Gig mencoba warna baru. Memberikan rasa segar bagi pencinta ataupun pelaku musik indie itu sendiri. “Di ‘Hear It’, kami mencoba untuk membuat suasana lebih fresh. Di acara ini

43

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

kami menambahkan art exhibition juga bazar, mulai dari lukis, hingga tato” lanjut Faiz. Bukan hanya itu, “Hear It” juga memberikan kesempatan bagi sineas-sineas muda yang ingin menunjukan kreatifitasnya melalui film. “Disini juga ada pemutaran film pendek. Indie. Kebanyakan sih anak IKJ (Institut Kesenian Jakarta), tapi sebenarnya buat umum” Faiz menjelaskan. Acara musik yang di usung Freak Gig ini mendapatkan perhatian yang besar. Bukan hanya dari musisi dan pencinta musik indie dalam negeri, tapi juga luar negeri. Lebih dari 10 wisatawan mancanegara turut meramaikan malam penutupan event tersebut, yang berlangsung pada 10 Maret, di WTF Street Bar, Kemang, Jakarta Selatan. “Hear It” merupakan bentuk kepedulian Freak Gig terhadap musik indie yang semakin red-

up. Kedepannya, Freak Gig akan mengadakan kembali acara “Hear It” dengan konsep dan gagasan yang lebih hebat. “Mungkin kami bakal liburin dulu Rockgasm. Fokus ke ‘Hear It’, yang rencananya diadain setiap 3 bulan sekali. Mudah-mudahan di ‘Hear It’ selanjutnya, antusiasme dan acaranyapun bisa lebih heboh” papar Faiz. “Hear It” merupakan ajang menunjukan kreativitas bagi mereka yang bergelut dalam dunia indie. Salah satu tujuan utama Freak Gig adalah mengadakan sebuah festival khusus indie, baik itu musik maupun kesenian lainnya. “Festival itu pasti. Itu tujuan kami. Saat semua sudah memungkinkan untuk menggelar festival, pasti kami jalanin,” tutup Faiz.


EVENT

asean international film festival & awards 2017

S

ukses dikedua awal perhelatannya, ASEAN International Film Festival & Awards (AIFFA) siap kembali digelar. Bertempat di Kuching, Malaysia, pada 4 – 6 Mei mendatang yang diikuti oleh 10 negara di Asia Tenggara. Director Festival AIFFA, Livan Tanjang, hadir langsung dalam roadshow sekaligus konferensi pers di Cikini, Jakarta, Selasa (7/3). Turut hadir Komite Film Dewan Kesenian Jakarta, Hikmat Darmawan. Secara khusus, Livan memperkenalkan festival ini dan mengajak langsung para sineas Indonesia untuk mengirimkan karyanya. “AIFFA telah menjadi festival film yang dituju untuk menjangkau pasar ASEAN. Kali ini lebih banyak pemodal dan produser yang berpartisipasi karena mereka melihat potensi kawasan ini dalam menghasilkan konten yang luar biasa”, jelasnya. Film yang berkompetisi tidak hanya film komersil, melainkan juga film indie. Sebanyak 10 film dari Tanah Air sudah didaftarkan, seperti Salawaku, Ziarag, Turah, Surat dari Praha, Jingga, Super Didi, Sunya, Ada Apa Dengan Cinta 2, Istirahatlah Kata-Kata dan Athirah. Jumlah film tersebut masih bisa terus bertambah, mengingat pendaftaran yang masih dibuka. “Kami berharap film maker Indonesia dapat lebih banyak terlibat, karena sampai 14 Maret nanti pendaftaran masih dibuka. Siapapun dan film apapun boleh, kami sangat terbuka,” ujar Livan. Festival film seperti ini selalu layak ditunggu oleh para profesional film di Indonesia, karena ini salah satu cara bentuk apresiasi terhadap film. Sebagaimana dijelaskan oleh Hikmat Darmawan, “Membangun apresiasi,

salah satu caranya melalui festival. Konsumen akan lebih tertarik pada film Indonesia apabila dihargai oleh luar.” Lebih jauh, juga sebagai pengamat film, Hikmat menuturkan meski masih telalu sedikit, belakangan industri film lokal menggeliat dengan baik. “2016-2017 apresiasi film kita sedang meningkat angka jumlah penontonnya. Terakhir di 2008, di film Laskar Pelangi dan Ayat-Ayat Cinta. Ini bisa dipahami jumlah yang masih kecil karena hampir 14 juta penonton ini terkonsentrasi di Jakarta karena didukung 60 persen ruang eksibisi (bioskop) berada di Jakarta. Bagaimana agar membangun apresiasi? ya melalui festival.” Livan mengungkapkan festival ini juga membuka peluang bisnis dan pariwisata negara di

ASEAN. “Hal ini memungkinkan pembuat film untuk memanfaatkan SAVAA (Southeast Asian Audio-Visual Association) yang merupakan jaringan investasi media terbesar di kawasan ini dan terdiri dari produser, pemilik IP, distributor, dan pemodal konten.” Livan menambahkan, “Misi kami membuat ini juga untuk mengenal lebih budaya satu sama lain antar negara ASEAN melalui film.” Mengenai lokasi penyelenggaraan, Livan membuka kemungkinan AIFFA dihelat di negara lain, seperti di Indonesia. Sebagai awalan, para pemenang kompetisi, filmnya akan diikutsertakan dalam roadshow atau pemutaran di berbagai negara di kawasan ASEAN. Dalam kompetisi ini akan diberikan 16 kategori penghargaan untu sutradara, direktur fotografi, penulis, aktor, editor dan Lifetime Acvhievment and Inspiration. Program AIFFA diisi dengan serangkaian acara, mulai dari Hollywood MasterClass, maraton film Internasional dan ASEAN serta Gala Night. Pendaftaran untuk mengikuti AIFFA akan segera ditutup pada 15 Maret ini. Untuk pendaftaran, kungjungi situs resmi AIFFA di www.aiffa2017.com

WWW.GLOOB-ONLINE.COM

44


45

WWW.GLOOB-ONLINE.COM


Majalah Gloob! Edisi VI  

Rasakan serunya melepas penyu ke lautan lepas hingga menaiki ratusan tangga di Gunung Galunggung pada majalah Gloob! edisi kali ini.

Majalah Gloob! Edisi VI  

Rasakan serunya melepas penyu ke lautan lepas hingga menaiki ratusan tangga di Gunung Galunggung pada majalah Gloob! edisi kali ini.

Advertisement