Page 1

Summary Introduction to E-commerce E-commerce merupakan penggunaan Internet dan Web dalam melakukan transaksi bisnis dan E-commerce secara digital mampu mempermudah transaksi komersial antar organisasi dan antara organisasi dengan individu.  Perbedaan E-Commerce dan E-Business E-Commerce menggambarkan proses pembelian, penjualan, pemindahan, pelayanan atau pertukaran produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer termasuk juga Internet. Sedangkan E-Business berkenaan dengan E-Commerce yang lebih luas lagi definisinya yaitu tidak hanya sekedar pembelian dan penjualan barang dan jasa namun juga pelayanan pelanggan, kerjasama antar business partner, pengadaan e-learning dan pengadaan transaksi elektronik antar suatu organisasi. Tradisional commerce

:

Consumer as passive tragets

Sales-force driven

Fixed prices

Information asymmetry

7 tujuh fitur unik dari teknologi E-Commerce •

Ubiquity

: teknologi internet ada dimana-mana : di tempat

bekerja, rumah dan telepon seluler. •

Global Reach

Universal Standards : internet sebagai satu set standar teknologi.

Richness

: video, audio, pesan teks terintegrasi.

Interactivity

: teknologi bekerja melalui interaksi dengan

: teknologi luas tanpa batas mengelilingi dunia.

pengguna. •

Information Density : teknologi informasi dapat mengurangi biaya untuk meningkatkan kualitas.

Personalization/ Customization : teknologi memungkinkan pesan pribadi


disampaikan kepada individu atau kelompok. Jenis-jenis E-commerce •

:

Bussines to Consumer (B2C) B2C merupakan transaksi ritel dengan pembeli individual. Selain itu B2C juga dapat berarti mekanisme toko online (electronic shoping mall) yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer.

•

Busines to Busines (B2B) B2B dapat diartikan sebagai sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis. Bentuk dari B2B dapat berupa transaksi Inter-Organizational System (IOS), misalnya transaksi extranet dan electronic funds transfer.

•

Consumer to Consumer (C2C) C2C merupakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Dapat diartikan pula saat seorang individu yang mengiklankan produk barang atau jasa, pengetahuan, maupun keahliannya di web.

Klasifikasi berdasarkan penggunaan teknologi •

:

Peer to Peer (P2P) Pengguna internet bias saling berbagi file dan sumber daya computer.

•

Mobile Commerce (M-Commerce) Perangkat digital digunakan untuk melakukan transaksi di Web ,dan dihubungkan oleh personal digital assistant (PDA). M-Commerce banyak digunakan di Jepang dan Eropa.

Internet merupakan jaringan interkoneksi dari ribuan jaringan dan jutaan komputer (komputer host atau hanya kadang-kadang disebut host) yang menghubungkan bisnis, lembaga pendidikan, instansi pemerintah, dan individu. Situs atau website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar, gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang


membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link. Evolusi Internet 1961 – 2003 1. Fase Inovasi (1961-1974) Blok bangunan fundamental dari internet mulai dikonsep dan kemudian diwujudkan dalam perangkat keras dan perangkat lunak yang sebenarnya. 2. Fase Kelembagaan (1975 – 1995) Disediakan dana dan legitimasi untuk internet . 3. Fase Komersialisasi (1995 – Sekarang) perusahaan swasta mengambil alih dan mengembangkan backbone dan layanan internet.

SummaryChapter1  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you