Page 1

MAKALAH KUNJUNGAN INDUSTRI YOGYAKARTA-BALI TAHUN 2014-2015

M Ginanjar Rangga S X RPL 2 BAB 1 I. Pendahuluan Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat allah SWT karena dengan rahmat dan berkat limpahan nya sehingga kami dapat menyelesaikan sebuah makalah yang kami observasi langsung ketempatnya yang ada di jogjakarta dan bali selama satu minggu ini. Karena sangat pentingnya makalah ini sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh bapa dan ibu guru kami dari observasi kunjungan industri kami di daerah jogjakarta dan bali selama seminggu kemarin. Namun saya berterima kasih kepada orang tua sebagai pelaksana dan bapa serta ibu guru yang telah menjaga kami selama kunjungan industri. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan jika ada kata yang tidak berkenan mohon dimaafkan.


II.

Latar belakang

Latar belakang saya membuat makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas dan sebagai penambah nilai. Dan semoga laporan ini dapat bermanfaat untuk banyak orang yang membaca makalah ini mengenai kunjugan industri dan daerah-daerah wisata yang saya kunjungi di jogja dan bali. III.Maksud tujuan Maksud tujuan kami melakukan kunjungan industri adalah 1.Menambah wawasan tentang berbagai macam teknologi. 2.Menambah ilmu pengetahuan tentang berbagai teknologi komunikasi dan informasi. 3.Lebih meningkatkan pemahaman tentang dunia kerja. IV.Waktu dan tempat pelaksanaan Kunjungan industri dengan tujuan jojakarta-bali dilakukan pada tanggal 20-27 april 2014.kami berkumpul di RPH(Rumah Pemotongan Hewan) pukul 13.00 wib dan kami menggunakan 12 bis untuk rombongan jurusan lain.Peserta yang mengikuti kunjungan industri ini adalah semua anak kelas X dan anak kelas XI APH(Akomodasi Perhotelan).Selama di sana kami mengunjungi tempat-tempat industri sesuai dengan program keahlian kami masing-masing.selain tempat industri kami juga mengunjungi kawasan objek wisata yang terkenal di daerah tersebut seperti borobudur,malioboro,pantai pandawa,GWK(Garuda Wisnu Kencana),Tanah Lot,Tanjung Benoa.


BAB II I. AKRB YOGYAKARTA(Akademi Komunikasi Radya Binatama).

Akademi Komunikasi Radya Binatama(AKRB) adalah perguruan tinggi yang dipercaya pemerintah berdasarkan SK.Dirjen Dikti No.3982/D/T/K-V/2010 dan telah terakreditasi BAN PT dengan SK.BAN PT NO.149/SK/BAN-PT/AK-XIII/VI/2013 untuk mencetak SDM siap kerja bidang komunikasi yang saat in banyak dibutuhkan industri media dan kreatif.AKRB dikelola oleh manajemen AMIKOM group yang memiliki 6 perguruan tinggi swasta unggulan,stasiun televisi RBTV,stasiun radio dan berbagai unit usaha lainnya yang dapat digunakan mahasiswa untuk tempat praktek(magang).


KEUNGGULAN AKRB 1.Manajemen berpengalaman lebih dari 25 tahun di dunia pendidikan dan industri media. 2.Didukung industri media milik STMIK AMIKOM dan RB Group sebagai magang kerja. 3.Menerapkan konsep link dan match. 4.Dosen berkualitas dan praktisi dan akademisi. 5.Kurikulum terarah sesuai kebutuhan dunia kerja. 6.Biaya terjangkau dan dapat diangsur. 7.Study broadcast ke stasiun tv lokal, nasional dan Production House(PH) untuk study lapangan. 8.kerjasama dengan perusahaan dan instansi untuk magang dan penyaluran kerja. 9.Beasiswa dari yayasan, pemerintah dan swasta. 10.Praktek riil produk acara tv pelangi jogja.


FASILITAS 1.Studio TV & Radio 2.Lab.Audio Visual 3.Lab.Editing 4.Lab.Multimedia 5.Fotografi 6.Perpustakaan 7.Ruangan ber-AC 8.Free Hotspot 9.Berbagai unit kegiatan mahasiswa

Program Studi Mencetak ahli madya (A.Md) komunikasi siap kerja bidang broadcast (penyiaran) yang memahami proses pra produksi s/d pasca produksi suatu acara atau film yang didukung keterampilan menggunakan peralatan broadcast ditambah pendalaman kompetisi sesuai minat mahasiswa, dengan konsentrasi sbb: Program acara TV & Radio Film & Sinetron Multimedia


Prospek Karir Penyiapan TV/Radio, produser, reporter, Host, Media, planner, script writer, TV Graphic Designer, sutradara, cameramen, Editor film/video, Art director, audioman, talent casting, talent(pemain), jurnalis, PR, dll.

Tentang Pemkab Jembrana Kependudukan dan Demografi Berdasarkan data yang tercatat pada Kantor Catatan Sipil dan Kependudukan, jumlah penduduk Kabupaten Jembrana sampai dengan tahun 2013 adalah sebanyak 321.008 jiwa dengan distribusi sebagai berikut: Kecamatan Melaya=62.908 Jiwa Kecamatan Negara=93.070 Jiwa Kecamatan Jembrana=62.790 Jiwa Kecamatan Mendoyo=71.023 Jiwa Kecamatan Pekutatan=31.217 Jiwa Penduduk Kabupaten Jembrana yang wajib KK pada tahun 2013 tercatat sebanyak 88.159 dengan jumlah penduduk wajib KTP sebanyak 233.067 orang. Penduduk yang telah memiliki KTP berjumlah 194.492. Usaha yang telah dan terus dilakukan oleh Pemkab Jembrana untuk merangsang minat masyarakat agar memiliki KK ataupun KTP adalah dengan cara memberikan Santunan Kematian. Dengan adanya program Santunan Kematian ini maka penduduk jembrana yang sudah memiliki KTP dan masih berlaku, apabila meninggal dunia akan mendapat uang santunan.


Tentang SMK Negeri 3 Negara

VISI : Terwujudnya sekolah unggul dalam prestasi, yang dinamis terhadap perkembangan IPTEK, berlandaskan IMTAQ menuju kemandirian. MISI : 1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif 2. Menumbuhkan sifat mandiri berlandaskan jiwa kewirausahaan 3. Meningkatkan kemampuan dan etos kerja siswa sesuai dengan tuntunan lapangan kerja 4. Mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang non-akademis 5. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa


BAB III PENUTUP Kesimpulan Dengan melakukan kunjungan Industri ke AKRB,Pemkab Jembrana, dan SMK Negeri 1 Negara saya mendapat pengalaman baru tentang industri, lebih mengerti dunia kerja industri, dapat membandingkan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan dunia kerja industri. Observasi yang dilakukan secara nyata dan langsung pengembangan atas tugas yang diemban oleh siswa yang pada akhirnya sebagai bekal untuk tekun terjun di masyarakat ataupun di dunia kerja.

Kesan dan Saran Untuk menjadi bahan referensi dalam kunjungan industri berikutnya, kami mempunyai beberapa masukan yang mungkin bisa bermanfaat. Kesan : a. Sambutan dari pihak perusahaan sangat ramah dan baik. b. Kunjungan industri ini sangat bermanfaat, karena kita bisa melihat langsung karyawankaryawan yang sedang bekerja di perusahaan tersebut. c. Banyak pengalaman yang kami peroleh di perusahaan tersebut. d. Kami mendapatkan banyak keterangan mengenai perusahaan yang kami perlukan. Saran : a. Sebaiknya pimpinan lebih jelas dalam menerangkan atau menjelaskan tentang bagian-bagian atau tugas-tugas karyawanya. b. Kegiatan lebih baik disesuaikan dengan jadwal produksi agar siswa dapat mengetahui proses pembuatannya. c. Diharapkan agenda program Kunjungan Industri ini tetap berjalan setiap tahunnya. d. Kunjungan Industri hendaknya dilaksanakan dengan biasa yang terjangkau oleh siswa

M ginanjar makalah  

Tugas Makalah Kunjungan Industri

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you