Page 1

getaway

3

FAMILY FUN AT JOHOR

Benteng Perantau di Kaiping

KEINDAHAN KOTA BEKAS GEMPA

CHRISTCHURCH NOVEMBER 2012 ISSUE www.getaway.co.id


getaway


tabl e of con ten ts

NOVEMBER / 2012 18 GRAND JOURNEY 40 ADVENTURE Christchurch: Keindahan Kota Bekas Gempa

Galunggung: Legenda di Tanah Sunda

70 TRIBE & CULTURE

30 EXPLORE

46 EDITOR’S LIST

74 LOVE INDONESIA

38 URBAN STORY

64 TRAVEL NOTES

Benteng Perantau di Kaiping

Pusat Perbelanjaan: Rekreasi Ibu Kota

3 Family Fun at Johor

Karinding: Musik dari Sawah

Sleman

Ubud: Between Art and Tranquility

ON THE COVER hal. 40

hal. 18 hal. 30 Photo: Cows at Mount Cook Sudah menjadi rahasia (dan lelucon) umum bahwa jumlah sapi di New Zealand melebihi populasi manusia. Tidak heran kalau hewan ternak ini juga mendominasi Mount Cook!

NOVEMBER / 2012

2


3 OCTOBER / 2012


getaway Advisors Gary Lilardi Iwan CEO Cicilia Sudargo

Editor’s Note

Ada dua cara untuk menikmati alam. Sebagian orang mungkin tidak punya banyak waktu atau lebih mementingkan kenyamanan, memilih untuk melihatnya dari jauh, menikmati reeksi pegunungan di permukaan danau atau memandang hijaunya bukit di seberang. Sementara sebagian akan menyisihkan waktu dan tenaga untuk terjun langsung ke alam, menghirup udara segar, mengalami kepuasan mencapai puncak tertinggi, mendengar burung berkicauan, atau menapakkan kaki di atas lembutnya rerumputan. Kalau ditanya cara mana yang benar, jawabannya adalah dua-duanya benar. Terkadang seseorang harus melihat sesuatu dari jauh secara keseluruhan, the big picture, untuk merasakan keagungan dan skala alam. Di sisi lain, melihat lebih dekat berarti menikmati segala detail kecil dan menguak keindahan yang tersembunyi. Happiness does come in all sizes. Now take a break, because it’s time for your getaway!

NOVEMBER / 2012

4

Editor in Chief Cita Arsita Farani Editor Wilma Hartyandari Art Designer S. Eko Andi Purnomo Photo Editor Edric Rahardja Advertising & Promotion Wilman Anugrah (wilman.getaway@gmail.com)

Contributors Dwi Putri Ratnasari Rizki Pradana Yudasmoro Ivana Fedora Pipiet Larasatie

getaway!

diterbitkan oleh

PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +622134834177,+622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com

Getaway! Magz

getawaymagz


November

3

Perayaan yang digelar untuk mengenang warisan Arthur Guinness, seorang produsen bir hitam asal Dublin ini kembali digelar di kurang lebih di 55 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Perayaan Guinness Arthur’s Day di Indonesia sendiri sudah pernah digelar pada tahun 2010 dan 2011 kemarin, dan terbilang salah satu pagelaran musik yang meraih sukses di Indonesia. Selain untuk mengenang warisan sang produsen bir hitam tersebut, acara ini juga bertujuan untuk memanjakan para pecinta musik di seluruh dunia. Tahun ini, rangkaian perayaan Guinness Arthur’s Day sudah dimulai di kota Surabaya akhir Oktober kemarin. Menampilkan Creed, band rock lawas yang namanya pernah besar pada jamannya sebagai bintang utama pagelaran ini. 3 November ini, Jakarta mendapat giliran menjadi salah satu kota yang merayakan Guinness Arthur’s Day 2012, berlokasi di Gandaria City. Creed akan didampingi oleh bandband lokal yang sudah terkenal seperti Efek Rumah Kaca serta Andra&The Backbone.

Promotor Big Daddy akan menghadirkan Disney Live! Mickey’s Rockin’ Road Show. Disney and friends akan tampil selama 4 hari beturutturut di Exhibition Hall Gandaria City, Jakarta.

8 Anime Festival Asia XII 2012 kembali digelar. Festival animasi bertajuk “A Whole New Level” diadakan hingga tanggal 11 November 2012 di Singapura Expo Halls 7 & 8.

9

age nda

9

Untuk ketiga kalinya, produser, komposer, penulis, serta penggubah lagu asal Kanada, David Foster akan menggelar konsernya yang bertajuk “David Foster & Friends 2012 Live in Concert” di MEIS Ancol, Jakarta.

The Ramble Festival merupakan festival kebun yang sangat dinantikan dan telah digelar lebih dari 70 tahun. Seni berkebun yang antik dan unik bisa Anda temukan di festival yang diadakan di Florida sampai tanggal 11 November 2012.

Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan terbesar di Indonesia menggelar Garuda Indonesia Travel Fair 2012 selama tiga hari di Jakarta Convention Center. Temukan berbagai macam tawaran paket liburan dengan harga menarik yang ditawarkan oleh maskapai tersebut dan beberapa travel agent yang sudah terkenal di Indonesia.

21

9-11

Interfood Indonesia Expo 2012 akan membahas tentang makanan, dari perlengkapan masak hingga berbagai resep. Acara ini berlangsung hingga tanggal 24 November 2012 di JIExpo, Kemayoran Jakarta.

Jennifer Lopez akan menyapa para penggemarnya. Dengan tema “JLo Dance Again World Tour 2012”, konser ini digelar di Mata Elang International Stadium Ancol, Jakarta.

28 5 NOVEMBER / 2012


besage t tim ndae

Where:

Queensland, Australia

When: Juni

Why:

Salah satu festival masyarakat Aborigin dari seluruh penjuru Cape York untuk merayakan dan berbagi budaya mereka melalui tarian, lagu, seni, dan pertunjukan, sementara keluarga akan saling berbagi kisah. Ratusan penari dan ribuan pengunjung memadati kota kecil Laura untuk menghadiri festival budaya ini. Apabila Anda berkunjung ke festival ini, maka Anda akan mengalami langsung budaya yang telah ada selama lebih dari 40.000 tahun. Anda dapat melihat sendiri kemeriahan festival ini dengan berbelok dari Great Tropical Drive antara Cooktown dan Mareeba, Australia.

QUICK!FACTS

Teks: Ivana Fedora

Suku Aborigin memiliki sistem khusus yang mengatur perkawinan dan hubungan keluarga.

NOVEMBER / 2012

6


wha age t’snda up

Korea Winter Travel Fair 2012

K

orea Tourism Organization-Jakarta Office kembali menggelar Korea Winter Travel Fair 2012, pameran musim dingin Korea yang terbesar di Indonesia. Korea Winter Travel Fair kali ini diadakan bersamaan dengan acara tahunan Korea Indonesia Week yang diadakan dari tanggal 3-7 Oktober 2012 di Mall Taman Anggrek. Dengan adanya acara-acara lain seperti festival musik K-Pop, festival makanan Korea, pemutaran film, kompetisi cover dance “Gangnam Style”, dan lain-lain, Korea Winter Travel Fair 2012 kali ini diharapkan menarik lebih banyak pengunjung dibandingkan dengan tahun lalu. Selain itu, empat pengisi acara juga didatangkan

langsung dari Korea, yaitu Ha Yong-Bu yang akan menampilkan drum dance, Noreum Machi yang merupakan grup perkusi tradisional Korea, contemporary dance dari LDO Dance, dan Last For One yang merupakan grup B-Boy yang sudah dikenal secara internasional. Direktur KTO Jakarta Kwon Jong Sool juga berkata bahwa Korea akan menyediakan fasilitas olah raga musim dingin yang terbaik dan memberikan pengalaman wisata musim dingin yang tidak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung pada musim dingin tahun ini.

Bookers And Media Gathering Sari Pan Pasific 2012

H

otel Sari Pan Pasific Jakarta mengadakan Bookers and Media Gathering 2012 pada tanggal 12 Oktober kemarin. Acara ini bertujuan untuk mengeratkan tali silahturahmi yang baik antara booker dan media dengan pihak manajemen Hotel Sari Pan Pasific Jakarta. Selain itu, acara ini diisi dengan serangkaian program yang spesial, seperti ramah tamah dari General Manager Hotel Sari Pan Pasific Jakarta yaitu Thomas Mayrhofer, perkenalan Director of RBE Joseph Martin, dan PPPB Coordinator yang kini bergabung dengan

NOVEMBER / 2012

8

Hotel Sari Pan Pasific Jakarta, Hayfa Quamila. Selain memperkenalkan beberapa sosok penting dari pihak manajemen, pada kesempatan ini diluncurkan pula ruang pertemuan terbaru yaitu Cendana Room. Kurang lebih 25 booker dan media diundang sebagai tamu spesial sebagai salah satu bentuk apresiasi dan rasa terima kasih dari pihak manajemen Hotel Sari Pan Pasific atas dukungan yang selalu diberikan kepada hotel ini. Acara yang berlangsung dengan hangat pada malam itu juga diisi dengan lucky draw untuk para tamu yang hadir.


Kolaborasi Scoop dan Ookbee

O

okbee adalah sebuah e-publisher terkemuka yang berbasis di Thailand, sedangkan Scoop seperti yang masyarakat Indonesia sudah ketahui merupakan e-publisher yang juga sudah terkemuka di sini. Pada tanggal 17 Oktober 2012 kemarin, dua perusahaan besar tersebut bersepakat untuk melakukan kerjasama yang bertujuan untuk semakin menguatkan posisi mereka di pasar yang mereka dalami. Perjanjian kerja sama tersebut dilakukan di Singapore oleh kedua belah pihak. Dasar kerja sama tersebut adalah mereka saling memiliki ketertarikan satu sama lain dan merasa bisa mengembangkan strategi pemasaran

mereka demi untuk mencapai tujuan yang bisa menguntungkan kedua pihak. “Kerja sama antara Ookbee dan Scoop ini akan membuat Ookbee dan Scoop menjadi publisher e-book terbesar di Asia. Saya percaya kerja sama ini dapat menciptakan sinergi di berbagai aspek untuk memenuhi visi kami yaitu memuaskan kebutuhan konsumen kami,� ungkap Natavudh, CEO dari Ookbee. Strategi yang diambil oleh mereka memang salah satu alternatif strategi yang sempurna, jadi tidak heran apabila dua perusahaan ini mengenyam sukses yang luar biasa di masa depan.

Google Indonesia Untuk Street Art

P

ada tanggal 23 Oktober 2012 kemarin, Google Indonesia kembali meluncurkan inovasi terbarunya, Chrome Open Spaces, sebuah aplikasi web yang bertujuan menjadi wadah bagi masyarakat Indonesia untuk menuangkan karya seni jalanan melalui www.openspace.co.id. Pada dasarnya Chrome Open Spaces ini merupakan sebuah kompetisi kreativitas untuk mencari sembilan karya seni jalanan yang terbaik melalui prosedur penilaian juri dan voting. Hasil karya pemenang akan dilukis pada dinding-dinding bangunan yang tersebar di Jakarta dan Bandung.

Adapun jurinya adalah kurator Farah Wardhani dan seniman street art yang namanya sudah sangat terkenal, Darbotz. “Indonesia adalah negara yang identik dengan kekayaan seninya, dari seniman klasik Basuki sampai seniman jalanan yang lebih kontemporer seperti Darbotz. Chrome Open Spaces berusaha untuk meningkatkan gerakan seni jalanan yang berkembang di Indonesia dengan memberikan mereka yang kreatif kesempatan untuk menumbuhkan kesadaran dan apresiasi terhadap bakat mereka,� jelas Krishna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia.

9 NOVEMBER / 2012


Philippines Department Of Tourism Expands Their Market

S

ebagai salah satu destinasi pariwisata di kawasan Asia, Filipina sedang gencargencarnya melakukan penetrasi ke dalam pasar pariwisata. Oleh karena itu, PDOT atau Philippines Departement of Tourism memperluas pasarnya, termasuk Indonesia. Tanggal 5 Oktober 2012 kemarin, Tourism Filipina secara resmi mengumumkan tentang strategi pengembangan pasarnya ini. Filipina merupakan destinasi liburan yang menyenangkan dengan harga yang terjangkau untuk para wisatawan Indonesia. PDOT juga meresmikan perwakilannya di Indonesia, yaitu IntraREPS, sebuah asosiasi grup pemasaran untuk

kawasan Asia Pasifik yang juga berada di bawah naungan PDOT di Indonesia dan Singapura. Beberapa waktu belakangan, Tourism Filipina mencatat peningkatan wisatawan Indonesia yang memutuskan untuk berlibur ke negara tersebut. Filipina sendiri sebetulnya sudah menjadi destinasi liburan dengan berbagai daya tarik seperti kebudayaan, shopping, panorama alam, serta entertainment. Salah satu tujuan pasar yang utama adalah para pasangan yang ingin melakukan bulan madu, karena alam Filipina menawarkan berbagai pengalaman romantis.

Accor Pecahkan Rekor Pengembangan Bisnis di Asia Pasifik

A

ccor menegaskan kembali posisi terdepannya di Asia-Pasifik sebagai operator hotel internasional terbesar di kawasan ini dengan kembali melakukan pemecahan rekor ekspansi. Sepanjang tahun 2012 hingga Desember mendatang, Accor akan menambah lebih dari 110 hotel di semua kategori ke dalam jaringan Accor di Asia Pasifik. Dalam forum Hotel Investment Conference Asia Pacific (HICAP) di Hong Kong, Michael Issenberg, Chairman & Chief Operating Officer Accor Asia Pasifik, mengumumkan bahwa Grup Accor telah menandatangani hingga 100

NOVEMBER / 2012

10

proyek baru untuk komitmen pengembangan jaringan pada tahun ini, menyiratkan optimisme Accor memenuhi target untuk mengoperasikan 700 hotel di Asia Pasifik pada tahun 2015. Grup Accor saat ini telah mengoperasikan 540 properti dengan lebih dari 100.000 kamar di Asia Pasifik dan berharap untuk mengakhiri tahun ini dengan membangun jaringan 565 hotel. “Periode waktu pengembangan ekspansi bisnis ini bertepatan sekali dengan perayaan 30 tahun Accor di Asia-Pasifik,” ujar Issenberg.


London Underground Night With Smirnoff Ice dua event, yang pertama mengambil tema Cruize Party, sedangkan yang kedua mengambil tema Rio Carnival Night.

S

Teks: WILMA HARTYANDARI FoTo: DEODOTUS ALVIKA, ISTIMEWA

mirnoff Ice memberikan pengalaman baru kepada para clubber Indonesia lewat rangkaian event Smirnoff Ice Pop Up Club yang sudah beberapa kali diadakan. Smirnoff Ice yang pertama kali masuk ke pasar Indonesia sekitar 2009 kemarin, memang sengaja ingin memberikan serangkaian party dengan tema yang unik. Karena itulah masing-masing event digarap maksimal sehingga dapat memberikan ambience serta tema yang unik. Trilologi Pop Up Club ini sudah menggelar

Rangkaian Pop Up Club ini akan berujung pada gelaran Smirnoff Ice Pop Up Club London Underground Night di Senayan pada tanggal 1 Desember 2012. Tunnel Jakarta Convention Center akan dirubah menjadi stasiun kereta bawah tanah yang banyak ditemukan di London. Para clubber akan mendapatkan pengalaman berpesta yang tidak akan terlupakan. Akan tersedia tiga arena yang masing-masing akan menyuguhkan sajian musik pesta yang berbeda, sehingga akan memberikan pilihan kepada semua yang datang. Smirnoff Ice mendatangkan Marco V, Myhon&Shane54, Aruna. XDream sebagai penjaga beat dan kehingar-bingaran London Undergrouund Night ini. Its gonna be a blast!

David Guetta Greets Jakarta

A

ntrian pengunjung sudah sudah panjang sejak jam 10 malam. Pembagian jalur masuk dibagi menjadi dua kategori, yaitu 15+ dan 18+ yang menyediakan minuman beralkohol. DJ Alesso merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu oleh penonton yang memadati Ecopark Ancol pada Sabtu malam, 13 Oktober 2012. Alesso datang dengan gaya klimis belah dua dan langsung memacu andrenalin penonton hingga semua pengunjung berteriak dan bergoyang tanpa peduli akan hal lain. DJ Alesso menutup penampilannya

dengan membawakan lagu teranyarnya “Calling”. Malam semakin riuh setelah tanda-tanda David Guetta akan muncul untuk menghibur pengunjung. Sang DJ menghibur penonton dengan membawakan lagu seperti “Titanium”, “Sexy Bitch”, “Without You”, “Sweat”, dan beberapa lagu lainnya. Teriakan “we want more” otomatis diteriakkan oleh para penonton. “I Got The Feeling” menjadi lagu terakhir sebagai bonus dari sang DJ, disertai teriakan dan goyangan penonton yang semakin semangat dihiasi kembang api dan lampu laser.

11 NOVEMBER / 2012


coff bodeey trea talkt

Romantisme Sejarah Lewat Lokananta berarti tempat peristirahatan dewa-dewa atau bunyi gamelan yang dimainkan para dewa di khayangan.

MUSIK

T

ak berlebihan memang untuk memberi nama pada tempat bersejarah ini. Tempat yang semasa jayanya ini berperan secara tak langsung dalam mempersatukan negeri yang baru merdeka dulu, kini menghadapi masa-masa sulitnya di tengah pesatnya kemajuan negeri. Lokananta yang berlokasi di jalan Jendral Ahmad Yani nomor 379, Solo ini tak pernah berpindah tempat sejak diresmikannya oleh Menteri Penerangan saat itu, Sudibyo, sekitar Oktober tahun 1956. Lokananta yang dulu ada di bawah naungan jawatan Radio Republik Indonesia awalnya bernama Pabrik Piringan Hitam Indonesia, bertugas memproduksi materi siaran RRI dalam format piringan hitam. Materi siaran tersebut kebanyakan

NOVEMBER / 2012

12

berisi rekaman lagu-lagu daerah Indonesia dan juga rekaman dari banyak pidato-pidato kenegaraan Presiden RI kala itu. Secara tak langsung Lokananta sebagai pabrik pencetak piringan hitam ini telah memberi suatu kontribusi luar biasa bagi negeri ini, boleh dibilang sebagai alat propaganda persatuan negeri. Musik sebagai bahasa universal digunakan menjadi bahasa pemersatu oleh Lokananta yang merekam, mencetak, hingga mendistribusikannya ke daerah-daerah di Indonesia yang baru merdeka, dengan harapan musik-musik yang mungkin belum pernah terdengar di daerah tertentu dapat didengar dan diapresisasi, berujung pada lahirnya rasa nasionalisme kebangsaan yang sangat diperlukan, khususnya bagi Indonesia yang baru merdeka kala itu.


Teks: WILMA HARTYANDARI FoTo: HERKAYANIS, RATRI KARTIKA SARI

Seiring perkembangan zaman, tempat ini lambat laun terlupakan, baik oleh masyarakat indonesia maupun oleh pemerintah kita. Bangunan bersejarah seperti ini sudah sepantasnya mendapat perhatian khusus karena pernah berperan penting bagi negara ini. Lokananta pada zamannya memiliki studio rekaman terbaik di negeri ini, studio rekaman live, sebagai pusat pendokumentasian budaya yang berbentuk musik-musik tarian hingga gamelan, yang nyaris tak dapat ditemukan lagi di zaman ini. Namun beruntunglah kini, dimulai dari segelintir musisi-musisi muda dan beberapa orang yang peduli, mereka menyuarakan betapa pentingnya tempat semacam Lokananta ini diteruskan tongkat estafetnya pada generasi penerus, menjadikannya tempat yang seharusnya dilalui ketika anakanak sekolah berkarya wisata ke tempat-tempat bersejarah, sama seperti candi atau museum lainnya yang biasa dijadikan objek karya wisata. Adapun yang dilakukan para musisi itu adalah

misalnya dengan melakukan kampanye hingga melakukan proses rekaman di studio Lokananta langsung, seperti yang dilakukan oleh Efek Rumah Kaca dan White Shoes and the Couples Company. Edukasi secara langsung dari partisipan pelaku seni itulah yang benar-benar berbuah nyata untuk keberlangsungan tempat ini kelak di masa depan.

13 NOVEMBER / 2012


travel tips

Braving the Cold Tempat yang memiliki cuaca dingin memang sangat menarik untuk didatangi. Apapun kegiatan Anda nanti di tempat tersebut, persiapkan semuanya dengan matang.

K

egiatan outdoor maupun indoor, apabila destinasi liburan Anda selanjutnya adalah sebuah destinasi dengan cuaca dingin dan bersalju, Anda harus menyiapkan fisik. Tidak perlu khawatir dengan perbedaan suhu yang drastis asalkan Anda tetap memperhatikan beberapa tip berikut ini.

Don’t Go Solo

Pay Attention to Your Body’s Signal

Tidak peduli seberapa besar keinginan Anda untuk mengeksplorasi destinasi liburan, selalu ajak partner. Walaupun Anda bepergian dengan menggunakan kendaraan seperti mobil maupun kereta salju, jangan gegabah untuk pergi sendirian. Anda tidak pernah akan tahu apa yang bisa terjadi di perjalanan, dan setidaknya Anda akan memiliki teman ketika mobil atau kereta salju Anda bermasalah di tengah jalan.

Jangan pernah mengabaikan apa yang tubuh Anda rasakan. Apabila Anda mulai merasa kedinginan dan merasa tidak nyaman, segera hangatkan tubuh dan ganti dengan baju yang lebih tebal sebelum melanjutkan aktivitas. Itu adalah salah satu cara terbaik untuk tetap menjaga kondisi Anda tetap sehat dan prima.

Walaupun alkohol dapat membuat tubuh terasa lebih hangat, tapi sebetulnya alkohol tidak meningkatkan suhu tubuh Anda. Jadi jangan berpikir semakin banyak konsumsi alkohol akan semakin membuat Anda merasa hangat dan lebih nyaman. Yang ada, nanti Anda kesulitan untuk tetap berpikir jernih apabila ada keadaan darurat. NOVEMBER / 2012

14

Meriang dan flu mudah menyerang di cuaca yang dingin. Jangan biarkan hal tersebut mengganggu kegiatan liburan Anda dan konsumsi vitamin serta makanan yang sehat untuk membantu mengurangi resiko terkena flu. Jangan lupa untuk tetap beristirahat dengan cukup walaupun Anda sedang bersenang-senang menikmati liburan.

Teks: WILMA HARTYANDARI

Avoid Alcohol

Watch Out for Colds and Flu


on top

4 MONTHS ON THE SEA M

engarungi laut selama 4 bulan dan mengunjungi 28 negara? Kapal pesiar besar yang mengawali perjalanannya dari Los Angeles dan berakhir di Miami, setelah mengelilingi lautan dengan mengunjungi 28 negara seperti New Zealand, Malaysia, The Maldives, dan Mauritius. Itulah trip yang ditawarkan oleh cruise termahal di dunia, Silversea’s Silver Whisper. Ketika cruise akan dimulai, helikopter akan menjemput Anda dengan hidangan Beluga Kaviar yang sudah menanti untuk Anda santap dan melandas di bandara London. Dengan private charter jet, Anda akan terbang menuju Amerika Serikat. Tak perlu khawatir perut Anda akan merasa kelaparan karena koki profesional telah menyiapkan 10 menu lezat untuk Anda. NOVEMBER / 2012

16

Laut luas menyambut kedatangan Anda, Silvers Whisper’s Royal Suite pun akan menjadi ‘rumah’ Anda dengan 2 ruang tidur, 2 kamar mandi, ruang makan, dan 2 teras. Sebelum berlayar, Anda akan mendapatkan 4 hari untuk di Beverley Wilshire Hotel. Sunset Island, Miami akan menyapa Anda selama 4 hari di akhir trip menakjubkan ini. Dengan kocek sebesar 1,5 juta dolar Amerika, Anda dapat berlayar mengarungi lautan serta menikmati keindahannya. Fasilitas yang ditawarkan juga seimbang dengan kocek yang harus dikeluarkan. www.silverseacruises.in

Teks: IVANA FEDORA

Apakah Anda siap untuk mengelilingi lautan selama berbulan-bulan?


17 SEPTEMBER / 2012


gran d jour ney

CHRIST NOVEMBER / 2012

18


KEINDAHAN KOTA BEKAS GEMPA

CHURCH Forget the news about the ruins and destruction after the earthquake, the city is very much alive and beautiful!

19 NOVEMBER / 2012


“K

enapa ke Christchurch? Kan habis berkalikali gempa?” Pertanyaan ini yang sering ditujukan kepada saya sebelum berangkat. Jawabannya sih mudah, karena saya percaya bahwa Christchurch is still a stunning city, yes it was shaking but it’s alright. Memang berita-berita yang ada suka dilebih-lebihkan sehingga tampaknya seluruh kota hancur dan menderita, padahal tidak. Kota Christchurch masih hidup bahkan oleh Lonely Planet dikatakan sebagai one of New Zealand’s most exciting cities. Christchurch adalah kota terbesar di Pulau Selatan Selandia Baru. Selandia Baru sangat terkenal dengan pemandangannya sehingga sering dipakai menjadi lokasi syuting film-film Hollywood, termasuk trilogi “The Lord of the Rings”. Untuk menikmati perjalanan secara maksimal dan efisien, saya sarankan melakukan dengan kendaraan (mobil) yang dilengkapi GPS. Walaupun ada bus dalam kota dari pagi sampai malam, frekuensinya masih terhitung agak jarang bagi beberapa tujuan tertentu, bisa sampai 1 jam sekali. Selain itu, jika hendak bepergian luar kota, bus yang tersedia tidaklah banyak dan tidak setiap waktu ada. Menyewa mobil di Selandia Baru tidaklah susah. Banyak pilihan tempat penyewaan mobil dengan

NOVEMBER / 2012

20

Olympic Torch


Christchurch Earthquake

harga kompetitif dan cukup bermodalkan SIM dan kartu kredit dari Indonesia. Berikut ini adalah pengalaman saya 3 hari berkendara di Christchurch. Hal yang pertama dilakukan setelah DAY sampai di Christchurch International Airport adalah mengambil brosur1 brosur wisata yang tersedia di terminal kedatangan. Brosur-brosur ini sangat lengkap bahkan ada pesawat telepon yang dapat digunakan

secara gratis untuk menghubungi tempat penginapan, tempat wisata, dan lain lain. Keluar dari terminal kedatangan, saya lalu mengambil mobil sewaan. Biasanya, jika kita sudah melakukan reservasi sebelumnya secara online, mobil yang kita sewa sudah tersedia di tempat parkir bandara. Tetapi ada juga perusahaan yang meminta kita untuk datang ke kantornya untuk mengambil mobilnya. Tapi jangan khawatir, mereka

21 NOVEMBER / 2012


biasanya menyediakan shuttle dari dan ke bandara. Saya langsung menuju ke International Antarctic Centre yang terletak 5 menit dari bandara. Di sini saya merasakan seperti apa hidup di Antartika, mengalami badai salju, mengendarai the Hagglund (kendaraan amďŹ bi Antartika), menonton ďŹ lm 4D yang membuat saya seakan-akan menjadi penjelajah kutub, dan tentu saja melihat penguin. Tetapi yang paling berkesan bagi saya adalah ketika saya bisa mengelus dan berfoto bersama penguin. Bulu mereka sangat lembut! Bosan berdingin-dingin ria, saya lalu menuju ke Re:START Mall, mal yang terdiri dari kontainerkontainer yang disulap menjadi toko dan kafe yang artistik, untuk menggantikan pertokoan di tengah kota yang hancur karena gempa. Bahkan bank pun terletak di dalam kontainer, mungkin karena Selandia Baru tergolong aman dengan tingkat kriminal yang minim. Di area ini, terdapat toko Ballantynes yang sudah berdiri sejak tahun 1872. Mereka terkenal karena manajemen kekeluargaannya. Dengan memperkerjakan orang lokal, mereka jarang memecat pegawainya. Bahkan ketika toko tutup karena gempa hingga berbulanbulan, semua pegawainya masih dibayar utuh.

Re:Start Mall

NOVEMBER / 2012

22

Hagglund Rid

International Antarctic Centre


Setelah puas mencuci mata dan berbelanja sedikit, saya kemudian menuju ke New Brighton Pier. Saya berjalan ke arah dermaga di mana terdapat banyak orang lokal yang sedang memancing, namun ternyata tidak bisa sembarangan tanpa mendapatkan izin memancing terlebih dahulu. Ada juga peraturan seberapa banyak maksimal ikan yang boleh ditangkap. Saya sempat berjalan-jalan ke daerah pertokoan di seberang jalan dan menemukan toko Ripcurl yang banting harga habis-habisan dengan diskon sampai 70 %. Bahkan kalau dikurskan ke rupiah, barangbarangnya lebih murah daripada di Indonesia. Usai memilih-milih beberapa kaus yang bertuliskan “New Zealand�, saya baru sadar kalau perut sudah mulai berontak dan bergegas mencari makanan.

New Brighton Pier

Saya membeli ďŹ sh & chips, makanan yang biasa dikonsumsi para Kiwi, sebutan untuk penduduk di Selandia Baru. Kiwi di Selandia Baru bisa mengacu ke 3 hal: buah kiwi, burung kiwi, penduduk lokal, dan minuman L&P atau Lemon dan Paeroa, minuman bersoda asli dari Selandia Baru. Kata penjualnya, makan ďŹ sh & chips tidak akan lengkap tanpa minum minuman bersoda. Mungkin kalau di Indonesia seperti makan gorengan dengan minum kopi atau teh. Di tempat saya membeli makanan, tidak disediakan kursi untuk duduk di dalam restoran, jadi saya memutuskan untuk makan di luar, di tengah jalan pertokoan tempat terdapat banyak bangku. Tidak jauh dari bangku tempat saya duduk, terdapat playground untuk anak-anak. Menurut informasi yang saya peroleh, playground banyak tersebar di seluruh tempat dan merupakan fasilitas gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja. Karena angin yang mulai kencang, saya memutuskan untuk masuk ke Perpustakaan New Brighton dan memilih untuk duduk di kursi yang menghadap ke dermaga dan lautnya. Rasanya tenang dan damai, apalagi ternyata gratis, sehingga menambah rasa nyaman. Di dalam perpustakaan, selain terdapat buku, koran, dan majalah, ada juga komputer untuk mengakses internet, headphone untuk mendengarkan audio book, bahkan ada televisi layar datar lengkap dengan Play Station untuk bermain. Sayang, jam buka perpustakaan terbatas. Jadi karena saya masih ingin menunggu matahari tenggelam, terpaksa saya pindah ke restoran di sebelah perpustakaan. Ketika senja

Fish & Chips

New Brighton Playground

23 NOVEMBER / 2012


Punting on the Avon tiba, langit tampak memerah di atas lautan dan lampu-lampu di dermaga pun mulai dinyalakan. Pemandangan yang indah untuk menutup hari saya. Tujuan pertama saya pada hari ini adalah Hagley Park dan Botanical Garden, taman besar di tengah kota Christchurch. Di setiap musim, pengunjungnya akan disuguhi pemandangan yang berbeda. Karena saat ini sedang musim semi, maka bunga-bunga sedang bermekaran dan pohon-pohon mulai bersemi dengan daunnya yang berwarna warni. Fantastis, seperti di dalam lukisan yang hidup.

DAY 2

Di dalam Hagley Park ada kolam renang dan playground untuk anak-anak yang bisa dipakai gratis. Saya cukup menikmati duduk-duduk di tepi Sungai Avon yang membelah taman sambil memandangi bebek-bebek yang sedang berenang. Bukan hanya bebek dan ikan yang hanya bisa menikmati sungai ini, Anda pun bisa menyewa paddleboat dan kayak untuk mengarungi sungai. Aktivitas lain yang paling terkenal di area ini adalah Punting on the Avon, menaiki perahu kecil menyusuri sungai dengan disuguhi pemandangan taman, botanical garden, dan arsitektur kuno. NOVEMBER / 2012

24

Botanical Garden


Canterbury Museum Pengalaman ini hampir mirip dengan menaiki gondola di Venesia. Perahu kecil saya dipandu oleh seorang punter yang memakai seragam klasik dengan blazer bergaris-garis dan topi lebar. Si punter ini akan menggunakan tongkat panjang untuk mendorong dan menggerakkan perahu saya. Kalau cuaca sedang tidak bersahabat, Anda bisa meminjam selimut wol dan payung di sini. Setelah menyusuri sungai, saya berjalan ke arah Peacock Fountain untuk menuju Canterbury Museum. Di musim semi seperti ini, taman di area sekelilingnya ditanami beraneka warna bunga yang memang sengaja dibentuk dengan indahnya. Terdapat restoran terkenal di area ini bernama Curator’s House. Setelah lama ditutup karena gempa, restoran ini akhirnya dibuka kembali. Sayang saya tidak sempat reservasi untuk makan di sini. Canterbury Museum mempunyai koleksi yang sangat banyak dan mengandung nilai sejarah yang tinggi. Di sini saya bisa mengetahui mengenai sejarah Maori, penduduk asli Selandia Baru.

Curator House

25 NOVEMBER / 2012


Century 21 Department Store

Art Gallery Terdapat tur dengan pemandu yang bisa kita ikuti dengan donasi. Di Selandia Baru, istilah donasi biasanya identik dengan uang koin $2 sehingga sering pula disebut gold coin donation.

Sign of Takahe

Di seberang jalan Canterbury Museum, terdapat Art Gallery. Berbeda dengan bangunan Canterbury Museum yang bergaya gothic, Art Gallery bergaya modern dengan banyak kaca yang menghiasi. Ketika hari menjelang sore, saya memutuskan untuk pergi ke Sign of Takahe, bangunan cantik bergaya English Manor House. Tempat ini merupakan spot paling menarik untuk melihat pemandangan panorama Kota Christchurch. Perjalanan lalu saya lanjutkan melalui Governors Bay tempat saya ingin mengalami sunset di teluk dengan pemandangan ke arah Banks Peninsula. Sungguh cantik, saya mendapatkan nuansa yang berbeda dari pengalaman sunset di hari pertama. Puas menjelajah kota, pada hari ketiga, saya memutuskan untuk berkendara agak jauh dengan tujuan Mount Cook, gunung tertinggi di Selandia Baru dan selalu bersalju. Di sepanjang perjalanan, saya berhenti di beberapa spot untuk mengambil foto terutama di Lake Tekapo dan Lake Pukaki. Lake Tekapo terkenal dengan airnya yang berwarna pirus atau turquoise. Tepat di tepi danau, terletak

DAY 3

NOVEMBER / 2012

26

Governors Bay


Mount Cook

QUICK!FACTS

TEKS: PIPIET LARASATIE FOTO: GEOFTHEREF, NATHANAEL, MICKSTONE1, DAVID WETHEY, GEM, IAMBENTS, MARKLE1, JOHNEY, CYRISTAL D, JOCELYN KINGHORN, KIWIHAGGER, BOB WALKER PICTORIAL, AMY MCCULLOCH, THE RIGHT THUMB PHOTOGRAPHY

Salmon di Selandia Baru aslinya berasal dari California dan Kanada.

Church of Good Shepherd, sebuah gereja tua yang sering dijadikan background foto para turis termasuk saya. Selama berada di Lake Tekapo, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan, di antaranya adalah berendam di mata air yang jernih dan ice skating. Spot berikutnya adalah Lake Pukaki. Danau ini terkenal akan refleksinya yang seperti cermin. Sayangnya pada waktu itu saya belum menemukan refleksi yang dimaksud, hanya pantulan cahaya yang saya dapatkan di atas air. Sesampainya di Mt Cook Village, yang sangat kecil areanya, saya beristirahat di Sir Edmund Hillary Alpine Center yang terletak di dalam hotel Hermitage, sambil menikmati beef roast dan segelas kopi panas. Masih di tempat yang sama, saya melihat-lihat koleksi museumnya. Sir Edmund Hillary terkenal sebagai one of the world’s greatest explorers dan merupakan pendaki pertama yang mencapai puncak Mt Cook pada tahun 1948. Terbayangkah bagaimana peralatan mendaki saat itu? Pasti masih sangat sederhana. Sebelum matahari terbenam, saya berangkat kembali ke Christchurch. Rute yang saya ambil sedikit berbeda karena saya hendak menengok Mt Cook Salmon Farm terlebih dahulu. Di sini Anda bisa mengikuti tur singkat, memberi makan para salmon, dan tentunya membeli salmon berkualitas tinggi. Dari sana, dalam perjalanan

Church of Good Shepherd

Interior Alpine Center pulang, tidak disangka saya mendapatkan suguhan yang ciamik di Lake Pukaki. Refleksi Mt Cook muncul sempurna di atas danau. Saya terpukau dan terpesona memandangnya. Saking takjubnya, rasanya malas untuk berkedip apalagi beranjak pulang. Pemandangan ini sungguh sempurna untuk menutup perjalanan saya. Perfecto!

27 NOVEMBER / 2012


Mulai NZD$169/ malam

Parkview on Hagley Hotel (www.hotelparkview.co.nz) Seperti namanya, hotel mewah ini menawarkan pemandangan Hagley Park yang warna daunnya berganti tiap musim.

Christchurch Casino 30 Victoria Street W: www.chchcasino.co.nz HTM: Free Lone Star W: www.lonestar.co.nz Ada 2 tempat: Riccarton dan Papanui (biasanya Riccarton lebih ramai) Cnr Waimairi & Riccarton Roads, Riccarton Buka dari jam 12 siang 116 Northlands Mall, Langdon Road End, Papanui Buka dari jam 11 pagi

Mulai

NZD$99/

!

malam

Tudor Court Motel (www.tudorcourt.co.nz) Hotel ini dilengkapi dengan WiFi di kamar dan hanya 10 menit jaraknya dari Cathedral Square dengan berjalan kaki. 57 Bealey Avenue, Christchurch

Maskapai penerbangan yang menyediakan rute ke Christchurch antara lain Singapore Airlines, Qantas, Jetstar, dan Air New Zealand. Bus (dalam kota): mulai NZD$2.20 dengan MetroCard Bus (luar kota): mulai NZD$1 (kursi terbatas) Sewa mobil: mulai NZD$45/hari Nandos 35a Riccarton Road, Christchurch T: (03) 348 4660 W: www.nandos.co.nz Taste of Bengal Riccarton Road T: (03) 348 8334 Curry Time Restaurant: 284a Main North Road T: (03) 354 5485 W: www.currytime.co.nz

NOVEMBER / 2012

28

Westfield Riccarton Mall: Temukan toko $2 di sini untuk oleh-oleh Riccarton Rotary Sunday Market: Buka di hari minggu, jam 9.00-14.00. Pak n Save: Tempat belanja kebutuhan sehari-hari. Tidak tersedia prepaid Blackberry seperti di Indonesia. Jika ingin memakai layanan Blackberry, Vodafone memiliki Blackberry Smart Plan dengan paket dari NZD$ 45. 230-240V/50H Summer: Desember-Februari (12,2- 22,5°C) Autumn: Maret-Mei Winter: Juni-Agustus (1,7-11,3°C) Spring: September-November

Disarankan menyewa mobil untuk berkeliling kota. Berikut tip dalam menyewa mobil: Jangan lupa menyewa GPS Jika membawa anak kecil, pastikan menyewa car seat Cek sebanyak apa bensin yang sudah diisikan ke mobil Akan lebih murah jika menyewa minimal 3 hari

BUDGET Pesawat Jakarta-Christhurch PP NZD$ 2.500 Visa Visitor Rp 1.250.000 Airport Tax Soekarno-Hatta Rp 150.000 Hotel (NZD$ 100 x 3) NZD$ 300 Makan (NZD$ 10 x 9) NZD$ 90 Sewa mobil (NZD$ 60 x 3) NZD$ 180 Bensin (3 hari) NZD$ 150 Antarctic Centre NZD$ 65 Punting on the Avon NZD$ 25

TOTAL *Catatan: NZD$ 1 = Rp 7.500

Rp 26.225.000


exp lore

Benteng Perantau di

Kaiping Kota para perantau yang dipenuhi rumah berbentuk menara.

NOVEMBER / 2012

30


31 NOVEMBER / 2012


“K

ita akan melihat watch tower,� kata pemandu saat saya mengunjungi kota kecil bernama Kaiping di Selatan Guangzhou. Butuh waktu 2 jam menggunakan bus dari Shenzhen utuk bisa mencapai Kaiping. Meski nama Kaiping masih asing di telinga saya, tapi tidak bagi dunia. Tahun 2007, Kaiping resmi tercatat sebagai world heritage oleh UNESCO. Daya tarik terbesar dari kota berpenduduk 1 juta jiwa ini adalah diaolou atau watch tower, semacam bangunan rumah tinggal yang berbentuk menara dengan desain unik. Bangunan ini erat kisahnya dengan sebutan Kaiping sebagai kota para perantau.

Jelas, Kaiping bagi saya ibarat kota yang ditinggalkan. Memasuki Kaiping, saya hanya melalui jalan biasa (bukan tol) dengan ruko berbentuk rumah kuno di sisi jalan. Suasananya sangat sepi, tak ada keramaian di sepanjang toko. Gedunggedung tinggi jumlahnya sangat sedikit dan itu pun baru proses dibangun. Jalan raya sangat sepi. Di beberapa ruas jalan bahkan setengahnya digunakan untuk menjemur gabah. Tak ada kemacetan di sini. Desa-desa yang saya lalui juga tampak sunyi, hampir tak ada warga yang melintas. Di banyak daerah saya hanya melihat sawah yang diselingi beberapa rumah atau diaolou.

Kaiping bukanlah nama kota yang tenar di Cina seperti Beijing dan Shanghai. Mengunjungi Kaiping buat saya seperti menarik diri dari riuhnya kota besar dan melipir ke daerah pedesaan. Meski pemandu saya menerangkan bahwa Kaiping adalah kota kecil, tapi buat saya tetap luas. Bayangkan, dengan penduduk hampir 10 kali lebih sedikit dari DKI Jakarta, Kaiping justru memiliki luas wilayah hampir 3 kali lebih luas dari ibukota Indonesia ini.

Diaolou sebetulnya adalah rumah tinggal warga Kaiping di masa lampau. Konon kisahnya, Kaiping terkenal sebagai kota para perantau. Sebagian besar warga Kaiping merantau ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Vietnam, Indonesia, serta Amerika dan Kanada. Saat pulang, mereka membangun rumah tinggal di Kaiping. Masalahnya, dulu daerah Kaiping sering terendam banjir dan banyak terjadi pencurian. Akhirnya mereka

NOVEMBER / 2012

32


Li Garden membangun tempat tinggal berupa menara dengan banyak jendela untuk mengawasi keadaan sekitar. Diaolou kini tak lagi ditinggali. Sosoknya hanya menjadi ikon wisata dan budaya lokal dalam menarik perhatian turis. Diaolou memiliki 3 jenis: untuk tempat tinggal bersama kaum miskin (komunal), tempat tinggal orang kaya, dan sebagai menara pengawas. Saat ini masih tersisa sekitar 1.800 diaolou di Kaiping. Fungsi diaolou selain sebagai tempat tinggal dan menara pengawas adalah juga sebagai bunker penyimpan harta. Beberapa perantau yang kembali ke Kaiping dengan hartanya menyimpan kekayaan mereka di dalam diaolou. Diaolou paling terkenal di Kaiping adalah di Li Garden milik Xi Wei Li, seorang perantau yang mencari peruntungan di Amerika Serikat. Diaolou milik Li boleh dibilang paling mewah di seantero Kaiping. Lokasinya pun dikelola apik untuk destinasi turis. Dari luar, diaolou ini mirip istana mewah di

33 NOVEMBER / 2012


Altar Doa di Dalam Diaolou

NOVEMBER / 2012

34

QUICK!FACTS Kaiping memiliki bahasa sendiri yang merupakan variasi dari Kanton.


Zili Village Eropa. Untuk bisa masuk ke sini, turis dikenakan tarif sebesar 100 Yuan.

TEKS & FOTO: YUDASMORO

Menjelajahi dalamnya seperti memasuki rumah bangsawan Eropa di abad pertengahan. Lantainya dihiasi ubin dari Italia, perabotan antik menghias di sudut ruangan dan tangga dipagari marmer bergaya Eropa. Meski cuma sebuah bangunan tempat tinggal, diaolou juga diberi nama. Contoh: Ruishi, Majianglong, Fangshi Denglou, Bianchouzu Lou. Zili Village adalah lokasi diaolou berikutnya yang saya kunjungi. Diaolou di sini tak semewah milik Li di Li Garden. Tak ada nuansa istana Eropa. Hanya bangunan-bangunan sederhana tanpa cat yang terkesan hampir tak terurus. Masih ada penduduk yang tinggal di beberapa rumah di sekitar diaolou meski tak banyak. Meski sederhana, Zili Village pernah menjadi daya tarik sendiri bagi sutradara Jiang Wen saat menggarap ďŹ lm “Let the Bullet Flyâ€? yang dibintangi

Chow Yun-Fat tahun 2010. Tanggal 28 Juni 2007, UNESCO mengesahkan Zili Village menjadi warisan dunia. Bentuk bangunan diaolou memang berbeda-beda sesuai fungsinya. Untuk diaolou komunal (ditinggali bersama untuk rakyat miskin) biasanya bentuknya sederhana. Sedangkan untuk tempat tinggal orang kaya, diaolou berbentuk istana dengan aliran arsitektur bermacam-macam seperti gaya Eropa dan Timur Tengah, mungkin disesuaikan dengan daerah perantauan mereka. Untuk bangunan menara pengawas, diaolou biasanya berbentuk kaku dengan banyak jendela di sekeliling bangunan. Memasuki diaoulou seperti masuk ke mesin waktu era perantauan Cina di masa lampau. Setidaknya saya bisa merasakan bagaimana mereka hidup di masa lalu. Tembok-tembok menara ini, meski membisu, seperti membisikkan sejarahnya pada tiap turis yang datang.

35 NOVEMBER / 2012


Pan Tower International Hotel Hotel bintang empat dengan harga mulai dari 400 Yuan. No.2 Zhong Yin Road KaiPing City Guangdong P.R.C 529000 T: +86 750 2333333 F: +86 750 2337628 E: 594509898@qq.com W: pantower.com Kaiping Fujing Hotel Hotel terjangkau dekat Cangjiang River and City Plaza dengan harga mulai 122 Yuan. 143 East Shuguang Road (Shuguang Dong Lu) 529300 T: +86 750 2232222 F: +86 750 2259168

Patung Xi Wei Li Pemilik Li Garden

Bus umum dari Guangzhou (setiap 2 jam): 40 Yuan Bus dari Macau: 45 Yuan Bus dari Shenzhen: 65 Yuan

Xiangyuan Binguan Hotel yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan tourist center, mulai 100 Yuan. 261 Xiangyuan Xincun T: +86 750 2201928.

Kaiping Tourist Shopping Street Bangunan sepanjang 800 meter berisi ratusan toko yang didekorasi dengan landmark mini khas Eropa. Bu Xing Jie Terdiri dari dua lantai yang berisi ratusan toko yang menjual semua kebutuhan Anda.

Bus umum: 3 Yuan Travel minibus: Mulai 300 Yuan per 6 jam untuk mengunjungi lokasi-lokasi wisata.

Ganbasha Coee 255 Xiangyuan Xincun T: +86 750 2202626

NOVEMBER / 2012

36

Pesawat Jakarta-Guangzhou PP Bus dari Guangzhou PP Hotel (per malam) Travel minibus (6 jam x 2) Makan (per hari) Airport Tax Visa Cina

Rp 2.817.000 80 Yuan 400 Yuan 600 Yuan 40 Yuan Rp 150.000 Rp 300.000


37 OCTOBER / 2012


urba n stor y

PUSAT PERBELANJAAN: Rekreasi Ibu Kota

Semakin banyak pusat perbelanjaan yang beroperasi di Jakarta secara tidak langsung menjadikannya bentuk rekreasi kaum urban untuk melepaskan kepenatan.

NOVEMBER / 2012

38


TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: DER WILLY, MAMMUTH, GRAZYDREAMYMZ, LEPHOGRAPHZ

M

unculnya pusat-pusat perbelanjaan di ibu kota terasa sangat pesat belakangan ini. Di setiap sudut kota berdiri dengan megahnya bangunan beton yang dihiasi dengan lampu maupun papan reklame untuk menarik minat masyarakat perkotaan. Sebetulnya daya tarik yang ditawarkan oleh masing-masing pusat perbelanjaan tersebut rata-rata hampir sama antara satu dengan lainnya, sebuah tempat untuk Anda berbelanja dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga maupun teman-teman. Salah satu fenomena lain yang dihadapi oleh Jakarta adalah kemacetan. Membludaknya jumlah kendaraan membuat jalanan di Jakarta menjadi sesak, apalagi ketika jam kantor berakhir. Tentu saja hal ini membuat para pemilik kendaraan pribadi maupun yang menggunakan transportasi umum menjadi enggan untuk menghadapi suasana kemacetan yang terjadi dan lebih memilih untuk menunggu suasana macet sedikit reda. Berbagai pilihan aktivitas untuk menunggu macet dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan. Belakangan, budaya nongkrong di pusat perbelanjaan telah menjadi tren. Apabila

dikaitkan dengan kemacetan di Jakarta, singgah di pusat perbelanjaan untuk menunggu keadaan jalanan sedikit lengang memang masih menjadi alasan utama. Mungkin memang terasa lebih menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman daripada memutuskan untuk langsung pulang usai kerja dan menghabiskan waktu di tengah kemacetan yang memang sangat luar biasa belakangan ini. Bayangkan menghabiskan waktu satu sampai dua jam terjebak macet di jalan, itu akan semakin meningkatkan kepenatan. Warga Jakarta merasa lebih baik menghabiskan waktu tersebut untuk sekedar window shopping atau bersenda-gurau bersama teman-teman sambil menikmati makan malam atau hanya secangkir kopi. Menariknya, walaupun memilih untuk singgah dulu di pusat perbelanjaan, waktu tiba di rumah akan sama seperti jika langsung pulang usai kerja melewati kemacetan. Budaya ini nampaknya sudah menjadi bagian dari kegiatan para masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Nampaknya hal ini terjadi karena memang pusat perbelanjaan adalah tempat yang paling mudah ditemui untuk melepaskan kepenatan setelah seharian bekerja. Setidaknya kepenatan mereka berkurang. Jadi tidak berlebihan apabila pusat perbelanjaan telah menjadi salah satu alternatif populer untuk melewatkan waktu usai beraktivitas.

39 NOVEMBER / 2012


advent ure

NOVEMBER / 2012

40


GALUNGGUNG Legenda di Tanah Sunda

Terbayang letusan dahsyatnya di tahun 1982 yang tercatat sebagai salah satu letusan terbesar di dunia, disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar

41 NOVEMBER / 2012


G

alunggung merupakan salah satu gunung api yang legendaris dan termasuk yang paling aktif yang ada di tanah Pasundan. Letusan terakhir gunung yang memiliki ketinggian 2167 mdpl ini terjadi pada tahun 1994, sedangkan letusan dasyat terakhirnya terjadi pada tahun 1982 disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar. Kegiatan letusan pada tahun 1982 ini berlangsung selama 9 bulan dan baru berakhir pada 8 Januari 1983. Letusannya waktu itu sangat dahsyat hingga menimbulkan halilintar, menampilkan pemandangan spektakuler yang didokumentasikan oleh dinas geologi amerika serikat. Tapi letusan itu sudah terjadi cukup lama, dan kini sang gunung laksana macan yang sedang terlelap, bekas letusan dahsyatnya memancarkan aura keindahan alam yang luar biasa dengan kawah yang telah menjadi danau, memberi hawa segar bagi setiap orang yang memandangnya. Dalam tidur lelapnya, kini saya dapat dengan aman menikmati keindahan kawah Gunung Galunggung NOVEMBER / 2012

42

dari dekat, bahkan dapat turun untuk sekedar menghirup segarnya udara pegunungan di dalam kawah hasil letusan tersebut. Trek yang dapat dilalui untuk menuju ke dalam kawah Galunggung bukanlah trek yang sulit, tapi cukup melelahkan karena trek yang dilalui awalnya berupa pasir vullkanik. Jalannya pun terus menanjak hingga sekitar satu jam sampai di gigir kawah Gunung Galunggung, sedikit sulit bagi yang baru pertama kali trekking, tapi yang suka dengan hal berbau adventure seperti saya akan menikmati pengalaman melalui trek berpasir ini. Dari gigir kawah ini saya sudah dapat melihat keindahan kawah dengan sebuah danau kecil di tengahnya sambil menikmati pemandangan kota Tasikmalaya dari atas gunung yang hanya bisa dilihat jika kondisi cuaca sedang cerah. Bagi yang penasaran dapat melanjutkan perjalanan untuk turun ke danau kawah Galunggung, melewati trek tanah hingga ke dasar kawah. Hati-hati karena


hujan akan membuat tanah sedikit licin sehingga mudah tergelincir jika tidak berhati-hati. Di tengah kawah, Anda dapat pula berkemah sambil memancing ikan yang ada di dalam danau. Oleh penduduk sekitar benih-benih ikan sengaja disebarkan di danau kawah Galunggung ini, sekaligus sebagai indikator keaktifan gunung yang pada dasarnya memang belum mati. Jika ikan di danau ini mati, tandanya gunung ini mulai aktif kembali. Di dasar kawah, selain danau kawah terdapat pula aliran sungai yang airnya berasal dari air terjun di dinding kawah dengan bebatuan berserakan di mana-mana. Di dekat dinding kawah sebelah Selatan ada sebuah masjid kecil yang juga kerap dijadikan tempat ziarah. Konon dulu masjid ini berada di atas kaldera, tapi karena letusan, masjid ini ada di dasar kaldera. Untuk yang tidak mau repot lewat trek berpasir atau membawa sanak keluarga atau anak kecil, Anda bisa melewati anak tangga yang disediakan pengelola Wanawisata Gunung Galunggung. Menurut informasi ada sekitar 620 anak tangga

43 NOVEMBER / 2012


!

Tersedia berbagai fasilitas seperti areal parkir yang luas dan aman, masjid, kafe, sarana bermain anakanak, kolam renang, bak rendam air panas, arena pertunjukan, camping ground, shelter, serta sentra oleh-oleh dan jajanan. Pengunjung yang ingin menginap tidak perlu khawatir karena di sekitar kawasan wisata ini terdapat wisma dan hotel dengan berbagai tipe. Meski kawasan Gunung Galunggung cukup aman untuk wisata keluarga, tapi di areal bibir kawah masih belum ada pagar pembatas sehingga harus berhati-hati. Di bulan-bulan awal tahun 2012, Galunggung sempat menunjukkan aktivitas vulkanik hingga berstatus waspada.

NOVEMBER / 2012

44

dapat dinikmati bersama keluarga. Memang tidak semudah bermain di sebuah wahana permainan, tapi setidaknya anak berusia di atas lima tahun dan berbadan sehat rasanya dapat diajak bertualang ke tempat ini.

Mobil pribadi: Tol Cikampek – Tol Purbaleunyi menuju Bandung – Menuju Tasikmalaya – Terminal Tasikmalaya – kawasan Gunung Galunggung Kendaraan umum: Terminal Bus Tasikmalaya – Angkutan kota (Terminal-Galunggung-Singaparna)

Bus Jakarta-Tasikmalaya PP Angkot Tasikmalaya-Galunggung PP HTM Galunggung Hotel x 1 Makan x 5 TOTAL

Rp 100.000 Rp 10.000 Rp 5.000 Rp 400.000 Rp 100.000

Rp 615.000

TEKS & FOTO: RIZKI PRADANA

(mirip seperti di Bromo) yang bisa juga menjadi alternatif menuju bibir kawah Gunung Galunggung. Tapi untuk dapat turun ke dalam kawah tidak disediakan tangga dan tetap harus melewati jalur tanah. Di sini,saya merasakan bahwa turun ke kawah gunung dan bermain di tengah kawah adalah aktivitas yang mudah dan menyenangkan serta


45

AUGUST / 2012


edit or’s list

NOVEMBER / 2012

46


3

Family Fun at

JOHOR Tidak hanya anak kecil, orang dewasa pun dapat menemukan kembali jiwa kanak-kanaknya tanpa harus takut dipandang aneh!

47 NOVEMBER / 2012


Sanrio Hello Kitty Town I

ngat dengan perlengkapan sekolah lucu dari Sanrio waktu kecil, terutama kucing manis berpita dengan nama Hello Kitty? Anda dapat menemukan tokoh-tokohnya di Sanrio Hello Kitty Town, taman hiburan dengan tema Hello Kitty pertama di luar Jepang, tepatnya di dalam area Puteri Harbour Family Theme Park. Anak-anak dapat menjelajahi Friendship Land dengan playground-nya, menaiki tea cup ride, berfoto bersama Hello Kitty dan teman-temannya, bahkan merayakan ulang tahun yang tidak terlupakan di Apple dan Strawberry Party Room. Sementara bagi yang sudah melewati masa kanak-kanaknya dapat menelusuri Black Wonder, sebuah pengalaman interaktif berteknologi tinggi atau mengelilingi rumah Hello Kitty yang lengkap dengan ruang tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur. Sebuah panggung yang disebut “Purrfect� akan menampilkan Hello Kitty dan teman-temannya dalam tarian dan nyanyian.

NOVEMBER / 2012

48

Serangkaian aktivitas lainnya bisa ditemui di Wishful Studio, tempat Anda dapat membuat perhiasan, berfoto di studio dengan kostum pilihan, menghias kuku dengan para karakter Sanrio, membuat kue berbentuk Hello Kitty, serta membuat boneka Hello Kitty sendiri. Si kucing manis bersama teman-temannya benar-benar siap menyambut Anda di rumahnya. Hello Kitty Town Puteri Harbour Family Theme Park Nusajaya, Johor T: 1300 88 FAMILY (326459) E: ph.enquiries@tar.com.my W: www.tar.com.my/puteriharbour HTM: RM65 Buka: 10.00-17.00 (setiap hari)


The Little Big Club S

ama seperti Sanrio Hello Kitty Town, taman bermain ini juga terletak di dalam Puteri Harbour Family Theme Park. Lima tokoh yang populer di kalangan anak-anak akan bergabung di satu tempat untuk pertama kalinya, yaitu Bob the Builder®, Barney and Friends®, Angelina Ballerina®, Pingu®, and Thomas and Friends®. Interaktivitas sangat ditekankan di sini, membuat setiap pengunjung merasa terlibat dan dekat dengan tokoh-tokoh yang sudah tidak asing lagi. Terdapat sejumlah aktivitas dan wahana dengan tema yang tentunya lekat dengan para karakter tersebut. Mulai dari membantu Bob membangun rumah di Bobsville dengan menata batu bata dan menempatkan jendela. Seusai bekerja, Anda dapat menaiki wahana Scrambler atau Scoop yang tidak lain merupakan kru Bob. Barney dan temantemannya akan menampilkan pertunjukan live dan play set yang dapat ditemukan di serial televisi.

Angelina’s Camembert Academy berisi permainan interaktif dan layar sentuh serta kelas tari dengan efek khusus berupa CGI. Di lantai 2, Anda dapat menemukan permainan bertema Pingu dan simulator papan salju. Sementara di lantai 3, Thomas dan teman-temannya disulap menjadi berbagai wahana menarik yang siap menghibur.

The Little Big Club Puteri Harbour Family Theme Park Nusajaya, Johor T: 1300 88 FAMILY (326459) E: ph.enquiries@tar.com.my W: www.tar.com.my/puteriharbour HTM: RM65 Buka: 10.00-17.00 (setiap hari)

49 NOVEMBER / 2012


LEGOLAND nilah LEGOLAND®pertama di Asia setelah sukses membuka lima taman bermain serupa di seluruh dunia. Total terdapat lebih dari 40 wahana, pertunjukan, dan atraksi interaktif untuk semua usia. LEGOLAND® dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Yang pertama tentunya adalah pintu masuk sekaligus toko LEGO® terbesar di Asia tempat Anda dapat menghabiskan waktu memilih apa yang akan Anda bawa pulang. MINILAND adalah miniatur kota, negara, dan landmark khas Asia yang tentunya terbuat dari bagian-bagian LEGO®. Dengan skala 1:20, total area ini saja menghabiskan 30 juta potongan LEGO® untuk penyelesaiannya. Area lainnya adalah IMAGINATION, tempat menampung kreativitas para arsitek kecil sekaligus observasi dalam skala kecil di DUPLO® Playtown ataupun skala besar di puncak Observation Tower. LEGO® TECHNIC diisi wahana-wahana yang memacu adrenalin seperti Project X dan Aquazone Wave Racers serta workshop untuk anak-anak, sementara LEGO® CITY adalah tempat anak-anak NOVEMBER / 2012

50

merasakan menjadi kapten kapal, pengemudi mobil, hingga berlomba memadamkan api. Petualangan ke dunia lain dapat dirasakan di LEGO® KINGDOM yang bertema dongeng dan kastil tua serta LAND OF ADVENTURE yang dipenuhi dunia Pharaoh dan dinosaurus. Selain yang sudah disebutkan, masih banyak atraksi-atraksi dengan variasi yang membuat tempat ini patut dikunjungi hingga berkali-kali. LEGOLAND LL Malaysia Taman Tema Sdn Bhd 7 Jalan LEGOLAND Bandar Medini, Iskandar Malaysia 79250 Nusajaya, Johor Malaysia T: +607 597 8888 E: info@legoland.my W: www.legoland.com.my HTM: RM140 Buka: 10.00-18.00 (Rabu tutup) 10.00-20.00 (weekend dan hari libur)

Teks: cita arsita farani FOTO: istiMEWa

I


cou ple spo t

The Hill of Love Rasakan romansa hamparan hijau serta danau yang mengelilingi Shimla, sebuah daerah di selatan India.

Teks: WiLMa HartYanDari FOTO: istiMEWa

S

edang merencanakan perjalanan bulan madu yang romantis serta berkesan bersama pasangan Anda? Shimla merupakan surga bagi pasangan yang ingin berbulan madu, sebuah daerah yang terletak di Selatan India dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan indah. Melangkahkan kaki ke Shimla, Anda dan pasangan akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Banyak tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi dan membuat masa bulan madu Anda semakin berkesan. Terkenal dengan sebutan “The Queen of Hills�, Shimla menawarkan sebuah keindahan alam yang tidak tergambarkan. Lansekap alam yang mempesona serta hamparan hutan pinus dan pohon oak yang mendominasi wilayah ini. Yang membuat Shimla lebih sempurna adalah lokasinya, tempatnya yang terpencil namum tetap mudah dijangkau. Shimla memiliki daya tarik magis yang akan memberikan Anda dan pasangan pengalaman yang romantis dan hanya menawarkan keindahan

ke manapun Anda dan pasangan melemparkan pandangan. Jangan khawatir tentang kegiatan yang Anda berdua dapat lakukan di sini. Pergilah ke sebuah kuil umat Buddha, Dorjee Drag Monastery, yang halamannya merupakan hamparan taman indah Saraswati. Kuil ini merupakan salah satu kuil terindah, dengan bangunan arsitektur Tibet dan sudah dari dulu menjadi magnet untuk para turis yang datang. Kufri, sebuah taman dengan berbagai keindahan juga dapat Anda nikmati bersama pasangan, entah untuk menikmati waktu berdua di atas perahu, rock climbing, atau hanya sekedar duduk berdua di pinggir pantai. Shimla pasti akan langsung mendapat tempat yang spesial di hati Anda dan pasangan. Sebuah destinasi sempurna untuk bulan madu, tempat keromantisan dan keindahan melebur menjadi satu. www.manalitourpackage.com

51 NOVEMBER / 2012


logb ook : sho p

SURGA COKELAT WARNA-WARNI M&M’s membuka outlet terbesarnya di Asia, seperti berada di dunia yang manis dan penuh warna.

S

alah satu penghasil cokelat terbesar di dunia, M&M’s, baru saja meresmikan salah satu outlet terbesarnya di Changi Airport. M&M’s bersama dengan pihak manajemen Changi Airport nampaknya ingin memberikan para calon penumpang sebuah pengalaman manis yang tidak terlupakan ketika mereka menunggu pesawat mereka. Tidak hanya ratusan M&M’s yang akan ditemui di megastore ini, tapi berbagai hiburan permainan juga dapat ditemukan. Berlokasi di terminal 2 Changi Airport, megastore ini akan dengan mudahnya ditangkap mata, karena memang didesain dengan warna dominan kuning, warna yang sangat mencolok apabila dibandingkan dengan toko-toko lain yang berada di sekitarnya. Maskot-maskot M&M’s dengan ukuran yang besar akan menyambut Anda, membuat merasa gemas, macho red, clumsy yellow, sexy green, confident blue, dan tentunya neurotic orange. Mereka diletakkan NOVEMBER / 2012

52

sedemikian rupa di berbagai sudut di toko ini dengan gaya mereka masing-masing. Masuk ke megastore ini, Anda akan merasa sedang di dunia lain yang menyenangkan, bahkan merasa seperti menjadi anak kecil lagi. Selain menyediakan berbagai macam pilihan cokelat yang sangat beragam, toko ini juga menyediakan berbagai macam permainan menarik. Sejumlah komputer diletakkan di beberapa sudut toko sehingga dapat digunakan oleh para pengunjung untuk menikmati permainan interaktif yang sengaja dibuat untuk menghibur mereka. Apabila mau mengambil foto dengan maskotmaskot M&M’s yang menggemaskan, Anda bisa melakukannya dan menyimpannya sebagai kenangkenangan. Megastore ini dibagi menjadi tiga area, yaitu holiday, travel, dan at home. Masing-masing area tersebut dirancang dengan tema yang berbeda.


Teks: WiLMa HartYanDari FOTO: istiMEWa

Dengan luas sekitar 256 meter persegi, toko ini benar-benar akan memanjakan siapapun yang melangkahkan kaki masuk ke dalamnya. Atmosfir yang ditawarkan pun sangat menyenangkan, timbul dari warna-warni ceria yang memang terinspirasi dari warna-warna kepingan cokelat M&M’s. Anda akan semakin lupa diri karena di sini juga tersedia berbagai jenis cinderamata ala M&M’s, dari boneka maskot berukuran kecil, pernak-pernik, bahkan sampai bantalan kursi maskot M&M’s. Mungkin ini adalah satu-satunya tempat di Asia yang menyediakan berbagai benda yang berhubungan dengan M&M’s. Sejak diresmikannya pada bulan Oktober kemarin, megastore ini mendapat respon

positif yang sangat luar biasa, gelak tawa dan keceriaan banyak mewarnainya. So enjoy the sweet treats galore with M&M’s and feel the experience!

M&M’s Megastore Departure Transit Lounge Changi Airport, Terminal 2 Singapore T: +65 6543 9283 24 jam

53 NOVEMBER / 2012


logb ook : stay

N

ama Elysian sendiri memiliki arti surga, jadi tidak heran apabila The Elysian Boutique Villa Hotel ini mencoba memberikan ‘surga’ bagi para tamu yang singgah di sini. Seminyak merupakan lokasi yang sempurna untuk kompleks resort ini, tepat di pusat kemeriahan pulau, dan berjarak hanya 10-15 menit dari pantai yang terkenal di daerah ini, jadi Anda bisa berjalan kaki menuju pantai atau sekadar duduk-duduk di bar yang banyak terdapat di sekitar resort sambil menikmati suasana pulau Bali yang tidak pernah membosankan.

54 54

NOVEMBER AUGUST / 2012 / 2012

The Elysian Boutique Villa Hotel, tempat yang tepat untuk menyegarkan jiwa dan pikiran.

Rasakan bersantai di teras salah satu vila, menikmati asrinya taman yang dipenuhi dengan pepohonan serta batu-batu yang diambil dari alam, kedamaian yang dirasakan mengajak Anda untuk dapat sedikit mencicipi ‘surga’. Terdapat sekitar 26 villa di The Elysian Boutique Vila Hotel, yang dilengkapi dengan kolam renang di setiap vilanya. Para tamu akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas seperti spa dan perawatan terapi tradisional yang memang sudah terkenal sebagai signature treatment dari The Elysian Boutique Vila Hotel. Konsep tradisional Bali yang dipadukan dengan desain kontemporer yang minimalis untuk arsitekturnya membuat para tamu semakin merasakan ambience yang unik, modern, namun tetap kental dengan kultur lokal. Semua kenyamanan pelayanan dan fasilitas di sini membuat Anda betah untuk berlamalama, memanjakan diri dengan bersantai untuk melepaskan kepenatan.

Teks: WiLMa HartYanDari FOTO: DOc. DEsiGn HOtELs

Renew Your Soul and Spirit


Proses relaksasi para tamu tidak hanya terbatas di dalam boutique villa ini. Keluarlah dan rasakan suasana Seminyak yang menyenangkan. Langkahkan kaki menuju pantai dengan pasir putihnya dan manjakan indera penglihatan dengan memandang birunya pantai. Sebuah pengalaman yang tidak tergambarkan. Para tamu juga dapat mengunjungi tempat-tempat kerajinan tangan yang berlokasi tidak jauh dari The Elysian Boutique Villa Hotel. It is truly a superb place to revive your senses and spirit!

two Way airport transfers iDD telephones Wireless Broadband internet clubhouse sun terrace Library Gym the Elysian spa

The Elysian Boutique Villa Hotel Jalan sari Dewi 18 seminyak – Bali 80361 Mulai indonesia 385 USD www.theelysian.com per malam AUGUST / 2012 55 55NOVEMBER


logb ook : dine

Cita Rasa Asing dengan Balutan Nusantara CafĂŠ Mondo menyambut keanekaragaman budaya dengan tangan terbuka dan mengapresiasikannya lewat musik dan makanan yang mereka suguhkan.

K

etika negeri ini baru saja merdeka, dan ketika masyarakatnya mulai menerima informasi dari belahan dunia lain, terbukalah mata mereka akan segala hal dan peradababan baru. Demikian juga halnya dengan para seniman dan orang-orang di sekitar seni di tanah air ini. Proses berkesenian, khususnya karya-karya yang dihasilkan itulah yang nampaknya ingin ditangkap oleh CafĂŠ Mondo. Kafe di bilangan Kemang Jakarta ini nampaknya tak sekadar ingin menangkap nuansa retro Indonesia saja, namun seakan ingin menunjukkan sisi budaya pop ala Indonesia, yang mereka tunjukan dari memorabilia juga dekorasi yang ada pada tempat ini. Tempat ini tidak menampilkan sisi tradisional Indonesia seperti pada umumnya, namun lebih menonjolkan sisi pop culture Indonesia, sebuah sisi yang masih jarang diangkat. Hal tersebut sangat terasa dari memorabilia yang terdapat pada ruang basement mereka, tempat terpampang sederet artefak original, seperti potongan dari advertorial majalah, foto-foto artis di kala mereka baru saja diorbitkan, hingga sampulsampul majalah zaman dulu yang dibuat sedemikian rupa, hingga terasa sekali serapan dari budaya luarnya. NOVEMBER / 2012

56


Teks: WiLMa HartYanDari FOTO: DOK. cafE MOnDO

daging cincang berbumbu khas Jepang ditambah dengan telur mata sapi, sangat menggoda! Namun seiring dengan proses peningkatan kualitas, CafĂŠ Mondo banyak melakukan eksplorasi terhadap menu-menu yang mereka sajikan. Jadi jangan heran dengan keanekaragaman menu makanan mulai dari pembuka sampai dengan penutup yang menarik.

Kafe dengan tiga lantai ini mempunyai dua area, non-smoking area di lantai dua dan smoking area pada lantai basement-nya. Lantai satu sendiri diisi oleh bar dan dapur. Kerap membuat acara di basement mereka, ada satu ciri khas pada dj booth, yaitu memakai gerobak asli dan diberi nama Orkes Dorong Mondo didepannya. Dj yang bermain di sini pun dikhususkan untuk para dj yang memainkan piringan hitam saja. Pemilihan nama Orkes Dorong Mondo ini mendapat inspirasi dari banyaknya orkes dorong di jalan-jalan ibu kota, yang dianggap oleh pemiliknya sangat autentik. Pemilihan penggunaan piringan hitam untuk para dj yang bermain disini, juga tak lepas dari kecintaan sang pemilik dengan rilisan ďŹ sik yang satu ini. Sajian makanan yang tersedia berangkat dari jenis masakan rumahan khas Jepang, mungkin karena memang sang pemilik berasal dari Jepang. Lihat saja berbagai macam pilihan Japanese curry yang tersedia seperti Beef Keema Curry With Rice yang wajib dicicipi apabila Anda mampir ke sini. Gapao merupakan sajian yang terlihat sederhana namun justru terasa homy, nasi hangat dengan taburan

Satu lagi yang unik dari kafe ini adalah mereka menyediakan berbagai macam mocktail dengan nama-nama yang unik dan kadang dapat memancing sedikit senyum ketika membacanya di menu. Perawan Tingting, Janda Hitam, Pujaan Hati, atau Pancuran Biru merupakan jenis-jenis mocktail yang harus Anda coba. Rasanya yang unik merupakan kreasi yang dihasilkan oleh tangantangan handal yang berada di dalam dapur CafĂŠ Mondo.

CafĂŠ Mondo Jl. Kemang Raya 72i Jakarta Selatan T: 021 719 5701 E: cafemondojkt@gmail.com Rp 15.000-55.000 (minuman) Rp 25.000-55.000 (makanan)

Minggu-Kamis (10.30-23.00) Jumat-Sabtu (10.30-00.00) Tasty Japanese fusion food wrapped with good music and atmosphere.

57 NOVEMBER / 2012


uniq ue lodg e

Out of the Earth Dengan pemandangan yang asing dan penuh bebatuan, Anda seakan tidak lagi berada di Planet Bumi.

J

ika Anda mencari nuansa terpencil, jauh dari keramaian dan bangunan lain, hotel satu lantai yang memiliki desain dan latar belakang menyerupai suatu koloni di Planet Mars ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Tidak ada yang bisa dibilang ‘biasa’ dalam hotel. Mulai dari kombinasi nuansa gersang dan kebun organik, jendelajendela besar yang menghadap pemandangan kincir angin di kejauhan, hingga lansekap penuh bebatuan yang hampir terasa asing. Hotel ini tidak menekankan pada kenyamanan maupun kemewahan, melainkan murni pengalaman unik di ujung Selatan Navarre, sekitar 3 km dari pusat kota Tudela dan hanya 4 km jauhnya dari Bardenas Reales de Navarra, sebuah taman alam semi gurun yang memukau dengan bebatuan yang terkesan surealis dan dapat Anda kelilingi bersama guide sambil berjalan kaki, menaiki sepeda, atau segway. Ada kombinasi

NOVEMBER / 2012

58


Teks: cita arsita farani FOTO: DOK. HOtEL airE DE BarDEnas

elemen urban minimalis dan rustic natural di hotel ini, terutama dari bentuk kubik bangunannya dan kontainer kayu dari ladang-ladang Tudela yang digunakan sebagai penahahan terhadap angin berdebu. Anda akan mendapatkan privasi di masing-masing kamar untuk beristirahat atau membaca buku sambil duduk di samping jendela. Sejumlah kamar memiliki pemandangan langsung ke gurun, sebagian lainnya memiliki taman pribadi dan bahkan bathub di luar ruangan. Namun jangan khawatir karena sebuah kolam renang juga tersedia bagi para tamu untuk mendinginkan kepala dari teriknya cuaca gurun. Sebuah restoran menyajikan makanan lokal dengan bahan-bahan lokal pula, bahkan langsung dari taman di dalam area hotel. Mungkin tidak banyak yang bisa dilakukan di sini, namun itulah yang ingin ditawarkan oleh Hotel Aire de Bardenas. Sebuah kesempatan untuk menikmati waktu tanpa gangguan, sebuah petualangan yang memberikan perasaan sedikit ‘tersesat’ di tanah asing.

restaurant Meeting Room Bar Swimming Pool Luggage Storage Laundry & Dry Cleaning free Wifi (public area) Private Parking Hotel Aire de Bardenas carretera de Ejea na-125 km.1,5 31500 Tudela (Navarra, Spain) T: +34 948 11 66 66 F: +34 948 11 63 48 e: info@hotelaire.com W: www.airedebardenas.com

Mulai

165 Euro per malam

59 NOVEMBER / 2012


tech gee k

HARGA : $329

(www.c

net.com )

THE SMALL BIG THING Ukuran yang lebih kecil tidak membuatnya kalah canggih dibanding “saudara�-nya yang lebih tua.

eskipun beberapa orang memilih iPad karena ukuran layarnya yang nyaman untuk dioperasikan, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak juga pecinta Apple yang sudah menanti iPad dalam ukuran yang lebih kecil. Sekilas terkesan ingin menjelajah pasar tablet berukuran lebih praktis, Apple tetap memutuskan untuk sedikit berbeda dengan ukuran layar yang di luar standar, yaitu 7,9 inci. iPad Mini terasa ringan di tangan, mirip dengan iPhone 5, meskipun tentunya bukan merupakan ukuran untuk masuk di kantung. Port penghubung iPad Mini juga sama seperti iPhone 5. Meskipun sekilas sulit dioperasikan dengan satu tangan, penempatan tombolnya tetap lebih mudah dan beratnya yang ringan membuat tangan tidak cepat lelah.

NOVEMBER / 2012

60

Resolusi layarnya sama dengan iPad 2, yaitu 1024x768 pixel, membuat huruf kecil dapat terbaca dengan lebih jelas. Di dalamnya, dipasang sebuah chipset Apple A5 dengan prosesor ARM Cortex A9 1 GHz Dual-Core, GPU PowerVR SGX543MP2, dan RAM 512MB. SpesiďŹ kasi lainnya termasuk 4G LTE, 802.11a/b/g/n Wi-Fi 5.2Ghz, dan Bluetooth 4.0. Kameranya yang beresolusi 5MP bisa merekam video hingga 1080p, sebuah peningkatan dari iPad 2. Sementara kamera depan bisa merekam video 720p. iPad Mini akan tersedia dalam varian WiFi dan 3G, dengan kapasitas penyimpanan mulai dari 16, 32, hingga 64 GB. Apple menjanjikan iPad Mini dapat bertahan selama 10 jam, namun hal ini harus dibuktikan saat dirilis di bulan November.

Teks: cita arsita farani

M


gamees & list gam & list enen

D

Menempatkan diri di posisi para alien yang mengendarai pesawat piring terbang.

Rating:

FREE Android

engan konsep yang sekilas mirip seperti permainan claw crane di arcade center yang bertujuan untuk mengambil boneka atau permen, tujuan permainan Grabatron bukan hanya mengambil tapi juga melemparkannya untuk menghasilkan kerusakan dan kehancuran sebesar mungkin. Namun di sini yang diambil adalah mobil, manusia, hewan, dan objek lainnya. Sebagai alien, Anda akan mengendalikan sebuah pesawat piring terbang dengan memiliki

capit yang dapat menjulur panjang ke bawah. Setelah mencapit target, Anda dapat mengayunkannya untuk merusak objek lain atau membunuh para manusia yang menembakki Anda. Untuk menambah poin permainan, akan ada misi sewaktuwaktu seperti menculik sejumlah sapi, meledakkan mobil, atau menjatuhkan menara. Sayangnya permainan ini mungkin akan menjadi terasa membosankan jika dimainkan terlalu lama atau sering.

Apple iPad

The 2nd Law Artis: Muse Rilis: 2012

J Sulit untuk menemukan cela di album ke-6 ini

Rating:

NOVEMBER / 2012

62

ika dua album terakhir menghentak dengan single keras seperti “Starlight” dan “Uprising”, album ini benarbenar mengejutkan karena mengandalkan single “Madness” yang cenderung tenang, minim distorsi, dan mengandalkan vokal Matthew Bellamy. Rasanya santai, sedikit mencekam, dan menggambarkan kebebasan grup ini untuk terus mengeksplorasi dengan gaya mereka sendiri. Namun jangan khawatir karena

teriakan sang vokalis yang khas masih akan mewarnai album ini seperti di lagu “Supremacy” yang menjadi pembukanya. Lagu-lagu lain yang menarik perhatian adalah “Save Me” yang dinyanyikan oleh sang pemain bas Chris Wolstenholme, “Big Freeze” yang terasa memiliki pengaruh U2, serta yang mungkin sudah banyak dikenal yaitu “Survival” yang menjadi lagu resmi Olimpiade London 2012.


sce ne & read

This Must Be The Place Sutradara: : Paolo Sorrentino Pemain: Sean Penn, Frances McDormand, Judd Hirsch Durasi: 118 menit

N

ampaknya Sean Penn banyak melakukan eksplorasi untuk memerankan Cheyenne, seorang pensiunan rockstar yang menjalani hidup sebagai pria kaya di Irlandia. Bayangkan seorang pria berumur hampir setengah abad berdandan ala Robert Smith. Dalam kehidupan yang tenang bersama dengan teman wanitanya, Cheyenne mendapat kabar bahwa ayahnya sedang sakit sehingga ia harus kembali ke New York. Film ini mengangkat

dilema yang dialami oleh Cheyenne karena harus kembali bertemu ayahnya setelah belasan tahun tidak pernah melakukan komunikasi. Salah satu adegan yang paling menonjol di film ini adalah ketika Cheyenne bertemu kawan lamanya, David Byrne, seorang vokalis band Talking Heads. Diceritakan bahwa David Byrne memegang peranan penting akan kesuksesan dan sekaligus ketidakbahagiaan Cheyenne di film ini.

Teks: cita arsita farani, WiLMa HartYanDari, iVana fEDOra

Travel Writer Pengarang: Yudasmoro Penerbit: Metagraf, PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Harga: Rp 44.000

Y

udasmoro Minasiani, seorang freelance travel writer yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam di dunia travel, baik tentang traveling di dalam maupun luar negeri. Tulisannya banyak ditemui di berbagai majalah traveling lokal. Di “Travel Writer”, Yudasmoro menceritakan pengalamannya selama bekerja sebagai freelance travel writer. Dengan bahasa yang sederhana, Yudasmoro menjelaskan travel writer adalah seorang penulis,

jurnalis, sekaligus fotografer yang mampu mengungkap esensi dari sebuah perjalanan. Selain berbagi selama dia menjalani profesinya, dari yang unik, lucu, sedih, hingga tragis, buku ini juga mengupas rahasia mengapa travel writer harus bersentuhan erat dengan dunia jurnalistik, fotografi, dan juga bisnis. “Travel Writer” merupakan sebuah buku yang akan menggambarkan kepada pembacanya tentang kehidupan seorang travel writer.

63 NOVEMBER / 2012


travel note s

UBUD

Between Art and Tranquility Meskipun sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Bali yang sangat touristy, pesona Ubud tidak berkurang sedikit pun.

64 64

NOVEMBER AUGUST / 2012 / 2012


AUGUST / 2012 / 2012 65 65 NOVEMBER


S

etahun lalu, kedatangan saya ke Ubud bersamaan dengan digelarnya Odalan atau hari ulang tahun pura. Sepanjang Jalan Raya Ubud diblok dari kendaraan. Gadis-gadis Bali berjalan menyusuri Jalan Raya Ubud dengan pakaian brokat yang begitu indah. Mereka membawa bermacam sesajen yang telah disusun cantik. Rasanya saya seperti sedang menonton pagelaran fashion di atas catwalk. Kunjungan kedua pada Juli lalu, saya mendapati Puri Ubud sedang dipadati oleh masyarakat lokal. NOVEMBER / 2012

66

Rupanya akan dilangsungkan Ngaben massal di akhir bulan di Ubud. Mereka giat membangun Bade, mengecat hiasan, dan menempelkan berbagai pernak-pernik. Di sisi lain, patung-patung lembu yang akan mengiringi jenazah disusun berjejeran. Pemandangan yang jelas mengundang rasa penasaran bagi siapapun yang berkunjung. Relieving mungkin adalah kata yang tepat untuk menggambarkan aura di Ubud. Itulah mengapa banyak gerai spa dan yoga di sini. Ubud ada di daftar paling atas bagi mereka yang ingin menghabiskan


waktu dalam suasana tenang dan ingin merasakan sensasi budaya Bali dalam bentuknya yang paripurna. Kawasan ini memiliki segala aspek untuk memenuhi gambaran klasik tentang mooi indie; sawah bertingkat dengan kontur yang dinamis, budaya sakral yang masih dipraktikkan hingga hari ini, dan keramahan penduduk yang mampu memikat siapa saja yang datang berkunjung. Banyak turis asing yang melompat ke Ubud jika terlalu jenuh dengan hingar-bingar daerah wisata di Bali lainnya seperti Kuta. Dalam hal perawatan tubuh, banyak hal yang Ubud tawarkan, seperti pijat ala Bali, scrub menggunakan ramuan rempah-rempah khas Indonesia, mandi bunga, hingga suasana private spa di tepi sungai atau sawah. Beberapa kali saya mencoba perawatan yang ditawarkan oleh gerai-gerai spa tersebut, sekedar melemaskan otot dan merasakan sensasi spa di Ubud. Di akhir perawatan, lidah saya masih dimanjakan oleh suguhan buah segar, yoghurt stroberi, dan segelas air jeruk nipis dingin. Refreshing!

67 NOVEMBER / 2012


NOVEMBER / 2012

68


Berjalan kaki, mengayuh sepeda, hingga mengendarai motor adalah transportasi paling pas selama di Ubud. Saya lebih suka memarkir sepeda di sebuah tempat, lalu berjalan kaki di sekitarnya. Banyak hal yang bisa dilihat di sepanjang Jalan Hanoman dan Monkey Forest, terlebih apabila kita mampir ke Pasar Ubud. Pintar-pintarlah menawar untuk mendapatkan harga terbaik. Sisi seni Ubud terlihat dari gerai lukisan yang tak pernah sepi dari pengunjung. Salah satu yang terkenal adalah galeri milik Antonio Blanco. Di dalam bangunan yang megah terpajang banyak lukisan Ni Ronji, gadis Bali yang membuat Blanco tergila-gila. Galeri itu kini dirawat oleh anak pasangan Blanco dan Ni Ronji yang juga pelukis, yaitu Mario Blanco. Ubud memang tak pernah kekurangan daya tawar. Kawasan ini memang dijaga agar tidak dijejali oleh gemerlap kehidupan malam, tapi bukan berarti Ubud lantas kurang hiburan. Justru tempat

ini memiliki keahlian untuk mengemas sesuatu menjadi sangat menarik. Malam hari adalah malam berkesenian. Beberapa pura menawarkan tiket pertunjukan tari seperti Legong dan Kecak. Ratarata pagelaran ini berselang 90 menit, dengan tiket kisaran 80 ribu rupiah. Pukul 9 malam, sudut-sudut yang biasanya ramai di siang hari relatif nampak sepi. Penonton berhambur keluar Puri Ubud selepas menyaksikan pertunjukkan Legong, termasuk saya. Segera saya kayuh sepeda sewaan menuju penginapan. Jalanan sudah gelap dan sunyi, udara sangat dingin. Tak apa, saya tetap menikmati kayuhan sepeda yang semakin lama semakin berat, sembari membayangkan sehangat apa fajar mentari esok hari. Dwi Putri Ratnasari thetravelboogie@gmail.com getaway! menerima cerita perjalananmu. Kirim tulisan sekitar 400 kata dengan foto resolusi tinggi (300px) serta keterangannya ke getawaymagz@gmail.com

69 NOVEMBER / 2012


love trib e indo & cult nesure ia

70 70

NOVEMBER AUGUST / 2012 / 2012


Karinding Musik dari Sawah Instrumen tradisional Sunda dengan suara yang mirip musik orang Aborigin di benua Kangguru.

AUGUST / 2012 7171NOVEMBER


Sekelompok anak muda di pinggiran jalan Braga, Bandung menarik perhatian saya. Jumlah mereka sekitar dua puluh orang, memakai ikat kepala dan memainkan instrumen khas tradisional Sunda. Ada yang memainkan suling, gendang, celepung, dan sebuah instrumen sederhana yang dimainkan di mulut sambil disentuh berkali-kali oleh jari.

Cara memainkan Karinding adalah dengan menempelkannya di mulut lalu dipukul ujungnya dengan jari. Hanya permainan rongga mulut dan getaran bambu yang didapat dari pukulan-pukulan kecil di ujungnya. Tak ada nada-nada khusus yang dihasilkan, cuma bunyi yang unik dan terkesan magis.

“Ini namanya Karinding,� jelas Kang Aris. Pria muda pimpinan kelompok musik inilah yang kemudian menceritakan kisahnya pada saya soal instrumen Karinding. Bentuk Karinding memang sederhana, hanya seperti sebilah bambu yang dilubangi memanjang. Ukurannya tak lebih besar dari sebatang cerutu dan bentuknya pipih. Tapi Karinding ternyata sudah dikenal masyarakat Sunda sejak sekitar lima ratus tahun lalu. Kang Aris juga mengakui bahwa Karinding tak cuma terdapat di Sunda, tapi juga di berbagai daerah seperti Bali dan Papua.

Awalnya instrumen bambu ini bukanlah sebuah alat musik, tapi alat yang digunakan para petani untuk mengusir hama di sawah. Suara Karinding yang unik diyakini memiliki semacam getaran yang dibenci oleh hama atau serangga, seperti getaran low decibel yang lebih dikenal dengan ultrasonik.

NOVEMBER / 2012

72

Dalam rentang waktu yang panjang, Karinding mengalami berbagai transformasi fungsi. Sebagai alat pertanian, Karinding adalah senjata pengusir serangga. Tapi kemudian karena suaranya yang unik, para petani menyandingkannya dengan musik


tradisional seperti calung dan angklung. Suara Karinding yang terbesit di antara alunan angklung diyakini memiliki kekuatan magis saat itu. Kini, para seniman muda berusaha mengangkat Karinding ke medium yang lebih jauh, yaitu sebagai pendamping alunan musik modern seperti jazz, pop, dan bahkan dentuman musik cadas underground.

TEKS & FOTO: YUDASMORO

Lahir dalam sebuah keluarga seniman, Kang Aris juga mewarisi darah seni. Karinding yang pertama kali diberikan oleh orang tuanya menjadi semacam amanah baginya untuk dijaga dan dilestarikan. Orang tuanya hanya berpesan untuk melestarikan Karinding yang sudah hampir punah dan mengembangkannya agar semua masyarakat Sunda tidak melupakan alat itu. Karena tinggal di daerah Cibangkong, akhirnya Kang Aris bekerja sama dengan Karang Taruna Cibangkong dalam menghimpun anggotanya. Akhirnya komunitas ini resmi berdiri pada tahun 2010 dengan nama Karsiwa (Karinding Sisi Wahangan; artinya: Karinding pinggir kali). “Tempat latihan kami ada di pinggir Kali Cikapundung,� jelas Kang Aris. Satu hal yang sudah sukses dilakukan Kang Aris adalah berkolaborasi dengan musik

Marawis. Menurutnya dentuman Marawis yang Islami sangat cocok berpadu dengan suara magis dari Karinding. Kebetulan di kediaman Kang Aris juga terdapat sanggar Marawis, jadi musik religi ini tak luput dari eksperimennya. Tawaran untuk masuk dapur rekaman sebenarnya sudah di tangan. Tapi karena anggota Karsiwa adalah pelajar dan mahasiswa yang untuk latihannya hanya bisa sekali dalam seminggu, akhirnya tawaran rekaman pun ditunda dulu. Untuk masuk dapur rekaman menurut Aris dibutuhkan latihan serius setiap hari. Meski berawal dari salah satu alat pertanian, Karinding saat ini jelas jauh bertransformasi. Senjata pengusir hama itu sekarang menjadi salah satu hiburan tradisional yang diminati banyak orang termasuk anak muda. Karsiwa tidak terdiri dari seniman-seniman murni berambut gondrong, tapi anak-anak remaja yang tampil trendi, memakai kaca mata hitam, baju kaos, rambut bergaya K-Pop, dan bersepatu warna-warni. Beberapa dari mereka bahkan bertato. Senjata pengusir serangga itu kini menjadi senjata ampuh untuk menghibur warga.

73 NOVEMBER / 2012


love indo nes ia

QUICK!FACTS

S LE M A N Kabupaten dengan banyak daya tarik yang mampu diangkat sebagai produk wisata yang meliputi geograďŹ s, demograďŹ s, sejarah, dan panorama alamnya. Wilma. ~

S

leman merupakan salah satu kabupaten yang berada di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dikenal sebagai salah satu kabupaten dengan nilai historis yang tinggi. Banyak terdapat situssitus peninggalan bersejarah yang kental akan budaya Jawa. Uniknya, situs-situs tersebut tampak tidak terpengaruh dengan budaya kolonial pada zaman itu. Hal tersebut merupakan hal yang patut dibanggakan dan tentunya juga perlu dilestarikan sebagai salah satu ekspresi rasa kagum atas jasa dan pengorbanan nenek moyang. Mungkin Sleman merupakan salah satu kabupaten yang memiliki daya tarik bersejarah paling banyak di pulau Jawa. Sebuah buku berjudul “Sleman Wisata Seribu Candi� yang diluncurkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman NOVEMBER / 2012

74

Kompleks Candi Prambanan diisi total 237 kuil berbagai ukuran.

membuktikan bahwa banyak kekayaan peninggalan budaya dan sejarah yang berupa situs maupun candi di kabupaten ini. Bangunan candi yang banyak ditemukan di Sleman merupakan sebuah bukti akulturasi budaya. Candi Prambanan merupakan salah satu situs bersejarah yang memiliki nilai historis tinggi. Tentu saja candi ini sudah menjadi salah satu magnet para wisatawan lokal maupun asing sejak dulu. Selain itu, di Sleman terdapat sebuah candi yang


bernama Candi Ratu Boko. Candi Ratu Boko ini memiliki pesona yang sangat menarik. Rasakan keindahan panorama alam ketika matahari tenggelam di sore hari dari candi ini, kemegahan arsitekturnya dipadukan dengan suasana sendu sunset membuatnya sangat magis. Situs Candi Ratu Boko ini berada di atas perbukitan ke arah Selatan dari Candi Prambanan, jadi tidak heran apabila Candi ini memang memiliki keelokan tersendiri apabila dibandingkan dengan candi-candi lain di Sleman. Apabila tidak sedang mencari sunset, Anda tetap dapat menikmati pemandangan kota yang ditawarkan dari sisi bukit Candi Ratu Boko, hamparan sawah hijau dikelilingi dengan perbukitan yang akan membuat Anda merasa damai. Apabila Anda beruntung dan cuaca sedang cerah, Anda bisa mendapati Gunung Merapi yang berdiri dengan gagahnya menjadi latar belakang Candi Prambanan. Selain kaya akan peninggalan sejarah yang berupa candi, Sleman juga merupakan daerah yang memiliki desa wisata terbanyak. Hal ini mungkin disebabkan karena banyak sekali potensi alam yang bisa digali di wilayah ini. Desa wisata yang terdapat di Sleman menjadi salah satu alternatif tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan. Para wisatawan yang mengunjungi desa wisata akan mendapatkan

75 NOVEMBER / 2012


pengalaman unik dan menarik sekaligus bisa melihat secara langsung kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Desa Wisata Kembang Arum misalnya, menyuguhkan sebuah keindahan alam yang masih natural. Gemericik air dan hijaunya hamparan sawah akan menyambut kedatangan Anda di desa wisata ini. Anda juga akan menemukan Sungai Tempor yang memiliki trekking yang banyak diminati oleh para wisatawan. Soal kuliner, tentu saja Sleman tidak ketinggalan. Salah satu yang terkenal adalah Brongkos Warung Ijo Bu Padma. Terletak di bawah Jembatan Krasak, Tempel, kelezatan makanan ini sudah membahana sampai ke seluruh nusantara. Warung brongkos ini sudah berjualan sejak 50 tahun yang lalu, jadi tidak heran apabila warung ini mungkin salah satu warung yang memang sudah sangat menguasai bagaimana mengolah brongkos yang lezat. Kuncinya adalah pada pemilihan kluak dan dagingnya. Sempatkan juga mencicipi suguhan minuman hangat yang bisa ditemui di ankgringan-angkringan yang tersebar di wilayah ini. Angkringan merupakan warung sederhana yang menyediakan berbagai macam makanan ringan dan minuman yang biasa beroperasi di waktu malam.

NOVEMBER / 2012

76


FOTO: WIKIPEDIA, EKO MURYANTO, QAZNOMONTO, GLOBAL GIVING, GEYONK, KREAVI2012 YUNI RACHMI, NEOEASE, HADIYANTA, NANDO

Bagi Anda yang doyan ngemil, langkahkan kaki ke daerah sekitar Museum Gunung Api Merapi dan cicipi Slondhok Renteng. Cemilan ini juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Sleman. Atau jika ingin mencicipi Keripik Belut dengan cita rasa yang enak, maka Anda bisa mendatangi Pasar Godean. Segala bentuk makanan yang berasal dari olahan salak pondoh merupakan buah tangan yang paling digemari, megono, dodol salak, atau jenang salak merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh dari kabupaten yang memang dikenal sebagai penghasil salak pondoh ini.

Pesawat Soekarno-Hatta – Adi Sutjipto Garuda Indonesia Lion Air Air Asia Kereta Api KA Taksaka KA Fajar Utama KA Senja Utama

Warung Ijo Bu Padma Jembatan Krasak Boyong Kalegan Cangkringan, Sleman Andrawina Loka Gudeg Bu Citro Jl. Laksda Adisucipto km 9, Sleman

Alam Jogya Resort Jl. Raya Stadion Maguwoharjo No. 8 Sleman Rumah Sleman Jl. Purboyo No. 111, Warak Kidul, Mlati, Sleman

Pasar Godean Daerah Museum Api Merapi Kaliurang

77 NOVEMBER / 2012


won der ful wor ld

FAST TRACK TO EXTINCTION ikenal sebagai hewan tercepat di dunia, cheetah juga menjadi salah satu kucing paling terancam punah di Afrika. Dulu cheetah bisa ditemukan di Afrika, Asia, Eropa, and Amerika Selatan. Sekitar 10.000 tahun lalu, semua varian spesies cheetah yang lain punah akibat perubahan iklim, menjadikan Acinonyx jubatus sebagai satu-satunya yang tersisa. Akibatnya, banyak terjadi inbreeding atau perkawinan sedarah yang menyebabkan daya tahan bayi lemah dan mudah terkena penyakit secara massal. Selain itu, konflik dengan manusia dan berkurangnya habitat juga semakin menekan, apalagi cheetah membutuhkan lahan yang luas untuk hidup. Ditambah lagi dengan sifat dasar cheetah yang tidak memiliki daya tarung sekuat predator lain, sehingga sering harus mengalah dalam berburu. Bagaimanapun, cheetah adalah salah satu spesies yang sudah bertahan paling lama dibandingkan kucing-kucing lainnya. Harapan selalu ada untuk melihatnya terus hidup di masa mendatang.

NOVEMBER / 2012

78

QUICK!FACTS Kecepatan lari cheetah bisa mencapai 113 km/jam.

Anda dapat mengadopsi cheetah secara simbolis melalui www.worldwildlife.org dengan paket satuan atau bulanan.

TEKS: CITA ARSITA FARANI

D


getaway

Reading points

Senayan City: Ben Francais Brew House Café Oh La La Chatter Box Cold Stone D’Excelso D’Glam Dairy Queen Express Thai Fitness First Foodism Gelato Bar Han Gang Head Quarter Johnny Andrean Jittlada Lu’vaze Ming Village Pizza Marzano Pizza Hut Soho Starbucks Sushi Tei Takigawa Tator

Potato Head Pancious Secret Recipe Starbucks Coffee

E Corner Kopi Luwak Daily Bread Qbox

Plaza Senayan: Café Oh La La Coffee Club Din Tai Fung Johnny Andrean Kafe Victoria Lu Vaze Paxi Barbershop Peter F Saerang Pizza Hut Starbucks Toni & Guy

Pondok Indah Mall 1 – 2: Café Oh La La Celebrity Fitness Chopstick Fish & Co Kafe Regal PHO 2000 Red Tomato Sapo Oriental Sour Sally Starbucks

Pasific Place: Bengawan Solo Coffee Café Bon Francais Coffee Club Coffee World Kopi Luwak Liberica Coffee

Epicentrum: 4 Fingers Comic Café Kafe Betawi Talaga T-Grill Starbucks Coffee

Cilandak Town Square: D’ Palace Dome Frankfurter Mangkok Putih Mister Bean Score Starbucks

Setiabudi One: Amadeus Starbucks Coffee Chatterbox Coffee World Sushi Groove Pizza e Birra Anomali Coffee Kafe Betawi Dapur Sunda Mangkok Putih Pisa Café & Ice Cream Frankfurter Mr. Pancake Plaza Indonesia: Bakerzin

Bistro Baron Café de Excelso Chatterbox Dante Coffee Shop De Excelso Family Café Gelare Ice Cream Café Heavenly Blush La Maison Kopi Luwak Lamoda Café Kafe Betawi Mister Bean Coffee Pancious Pizza e Birra QQ Kopitiam Saint Cinnamon Secret Recipe Spinelli Coffee The Coffee Bean Mall Kelapa gading: Aji Sen Ramen Food Sensation Celebrity Fitness Charmy Taiwan Noodles D’Exelso Dante Coffee Honey Moon Dessert Peter F. Saerang MM Juice Solaria Starbucks Sushi Groove The Coffee Bean Yakun Kaya Toast

Subscribe now by filling out this form: Name: ............................................................................ Address: ........................................................................ ....................................................................................... City / State / ZIP: ........................................................... E-mail: ........................................................................... Phone (Home): .............................................................. Phone (Mobile): ............................................................ Subscription package Jakarta 6 issues

Bodetabek

Luar Jabodetabek

[ ] Rp. 150.000,- [ ] Rp. 162.000,- [ ] Rp. 168.000,-

12 issues [ ] Rp. 250.000,- [ ] Rp. 324.000,- [ ] Rp. 336.000,*mark your selection with [ x ] PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +622134834177, +622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com

AUGUST / 2012 79 79NOVEMBER


dire ctor y

CafÊ Mondo Jl. Kemang Raya 72i Jakarta Selatan T: 021 719 5701 E: cafemondojkt@gmail.com Hotel Aire de Bardenas Carretera de Ejea NA-125 km.1,5 31500 Tudela (Navarra, Spain) T: +34 948 11 66 66 F: +34 948 11 63 48 E: info@hotelaire.com W: www.airedebardenas.com M&M’s Megastore Departure Transit Lounge Changi Airport, Terminal 2 Singapore T: +65 6543 9283 The Elysian 18 Saridewi, Seminyak, Kuta Bali - 80361, INDONESIA Phone. +62-361-730999 (hunting) Fax. +62-361-737509 www.manalitourpackage.com www.silverseacruises.in

NOVEMBER / 2012

80


81 AUGUST / 2012


AUGUST / 2012

82

Getaway! November 2012 Issue  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you