Issuu on Google+

getaway

4

Free Attractions in

Wajah Purba

NTT

MACAU

BEIJING Historically Rich, Presently Stunning

JULY 2012 ISSUE

www.getaway.co.id


tabl e of con ten ts

JULY / 2012 18 GRAND JOURNEY 50 ADVENTURE Beijing: Historically Rich, Presently Stunning

Berburu Monyet Neraka

70 TRIBE & CULTURE

30 URBAN STORY

56 EDITOR’S LIST

74 LOVE INDONESIA

32 EXPLORE

66 TRAVEL NOTES

Spirit of Java

Wajah Purba Nusa Tenggara Timur

4 Free Attractions in Macau

Between the Tides

Lampung

Sisi Lain Candi Borobudur

ON THE COVER hal. 50

hal. 18 hal. 32 Photo: Terracotta Army Sekitar 8.000 patung prajurit, 130 kereta kuda dengan 520 kuda dan 150 prajurit berkuda dibuat untuk melindungi Kaisar Qim setelah kematiannya.

JULY / 2012

2


3 JULY / 2012


getaway Advisors Gary Lilardi Iwan CEO Cicilia Sudargo

Editor’s Note

Di atas bumi ini, satwa adalah makhluk selain manusia yang hidup, bernafas, dan bergerak. Jika manusia hanya merupakan satu spesies, kerajaan satwa terdiri dari banyak sekali spesies yang tinggal di atas maupun bawah air. Terpesona, banyak orang yang mempelajari para satwa tersebut dengan berbagai cara. Di Amerika, misalnya, banyak sekali birdwatcher yang tinggal menunggu burung datang ke halaman belakangnya. Orang lain cukup pergi ke kebun binatang, sementara sebagian belum merasa puas jika tidak melihat satwa tersebut di habitat aslinya.

Tidak heran destinasi tertentu begitu populer karena menawarkan satwa liar di alam bebas. Lihat saja safari di Afrika, atau seperti yang dapat Anda temukan di getaway! edisi ini, komodo di Pulau Komodo dan monyet salju di Jepang. Senang rasanya menelusuri alam dan menemui penghuninya tanpa dihalangi kerangkeng. Now take a break, because it’s time for your getaway!

Erratum.

JULY / 2012

6

Pada edisi Juni 2012, seharusnya tertulis Kado++ : Grand Indonesia Shopping Town West Mall, level 3A Jl. MH Thamrin no.1 T: +622123581871

Editor in Chief Cita Arsita Farani Editor Wilma Hartyandari Art Designer S. Eko Andi Purnomo Photo Editor Edric Rahardja Advertising & Promotion Wilman Anugrah (wilman.getaway@gmail.com)

Hidayat Pane

(hidayatpane@hotmail.com)

Contributors Ayos Purwoaji Adia Prabowo Dwinda NaďŹ sah Eska K.T. Musthofa Ratri Indah Septiana Tari Su Yudasmoro Yudo Pratama

getaway!

diterbitkan oleh

PT GI Media Jl. Summagung 1 No.9, Blok A4, Kelapa Gading, Jakarta Utara T: +62 21 45844987, 45777100 F: +62 21 45844987 E: getawaymagz@gmail.com W: www.getaway.co.id Getaway! Magz

getawaymagz


July Jogja Fashion Week merupakan acara fashion dan kebudayanan yang digelar tiap tahun. Pekan Mode Jogja ini mengangkat hasil rancangan para desainer muda Indonesia yang kental dengan budaya Indonesia. Digelar di Jogja Expo Center selama 5 hari.

5

7

Temukan puluhan desain taman yang unik di Singapore Garden Festival 2012. Digelar dari tanggal 7 Juli kemarin, pameran yang diadakan di Suntec Singapore ini akan memberikan inspirasi bagi Anda yang suka menata taman rumah.

Tahun ini merupakan yang ke-34 kalinya Bali Kite Festival digelar di Pantai Padang Galak Denpasar, Bali. Ribuan layangan dengan berbagai bentuk yang unik dan indah akan menghiasi langit pantai Padang Galak hingga tanggal 15 Juli 2012.

ICRA 2012 “Interior & Craft” hadir untuk para pecinta produk-produk lokal. Mulai dari batik sampai dengan perhiasan buatan tangan dari pengrajin lokal akan dipamerkan disini. Bertempat di JCC dan akan digelar sampai tanggal 22 Juli.

4 18

JakCloth 2012 kembali hadir untuk mengulang kesuksesan sebelumnya. Sebuah clothing expo dengan konsep yang seru karena dipadu dengan musik serta aksi menarik lainnya akan digelar di Parkir Timur Senayan sampai tanggal 8 Juli 2012.

Festival musik dan pantai merupakan perpaduan yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Ismaya Live mempersembahkan BeachLive! 2012, diisi artis internasional seperti Ladyhawke dan Flight Facilities yang akan menemani Anda di Beachwalk Kuta, Bali.

10

age nda

Pagelaran Teej Festival di India merupakan salah satu festival yang dinantikan bagi warga wanita India. Merayakan berkumpulnya kembali Dewa Shiva dan Dewi Parvati, diramaikan dengan berbagai pertunjukan seni yang menarik. Jangan lewatkan!

23

Sekitar 300 foto tradisional muslim Cina akan dipamerkan di Pameran Kebudayaan Islam Tiongkok pada 23-25 Juli 2012 di Balai Kartini, Jakarta, menandai 60 tahun hubungan diplomatik RI-Cina.

Lomba panahan yang mengharuskan pesertanya menggunakan busana adat Jawa Tengah digelar di Jogjakarta. Tahun ini Jemparingan digelar pada tanggal 24 di Halaman Kemandungan Kompleks Kraton Jogjakarta.

13 31

22

24

Papua Center FISIP UI menggelar Pekan Budaya Papua dalam rangka memperkenalkan berbagai kesenian yang dimiliki Papua. Diisi dengan pertunjukan seni, pemutaran film etnografi, dialog budaya, dan masih banyak lagi di Bentara Budaya Palmerah, Jakarta.

7 JULY / 2012


wha age t’snda up

Joyland Mari Berpesta, Festival, Good Music and Good Vibe! Metalheads! B

oleh dibilang Joyland Festival ini merupakan sebuah konsep “segar” untuk sebuah pagelaran musik di ibu kota. Venue yang tidak terlalu besar justru membuat festival musik ini terasa intim. Digelar selama dua hari, yaitu pada tanggal 16-17 Juni 2012 kemarin, Senayan Swimming Stadium Park disulap menjadi sebuah tempat dengan ambience yang berbeda dari festival musik kebanyakan yang digelar di ibu kota. BRNDLS, Pure Saturday, Bangku Taman, dan Swimming Elephant merupakan beberapa band yang mengisi hari

pertama di festival ini. Walaupun di hari pertama, crowd tidak terlalu ramai namun festival ini tetap terasa menyenangkan. Di hari kedua, White Shoes & The Couples Company, Dialog Dini Hari, dan Efek Rumah Kaca berhasil memberikan crowd yang datang hari itu sebuah pengalaman yang berbeda untuk menikmati sebuah pagelaran musik. Sebagai bagian dari rangkaian acara Djakarta Artmosphere 2012, Joyland Festival ini diharapkan dapat memberi pilihan yang lebih beragam terhadap musik di Indonesia.

Pure Saturday: Grey Concert W

aktu tujuh tahun adalah penantian yang cukup lama bagi Pure People, begitu sebutan fans Pure Saturday, menunggu album terbaru mereka yang bertajuk Grey dirilis semenjak album terakhir Elora. Terbukti 400 lembar tiket Pure Saturday – Grey Concert yang disediakan promotor G Production ludes terjual hanya dalam waktu tiga hari saja. Konser yang diadakan di Gedung Kesenian Jakarta pada tanggal 15 mei 2012 tersebut banyak dihadiri penonton meskipun mereka tidak bisa masuk karena tidak kebagian tiket yang disebabkan keterbatasan kapasitas venue. JULY / 2012

8

Di sesi pertama, Pure Saturday membawakan seluruh lagu yang ada di album Grey dan sesi kedua membawakan tembang-tembang lawas dari albumalbum terdahulu. Suasana teatrikal sangat terasa karena Iyo sang vokalis mengecat mukanya dengan make up putih seperti seorang pantomim sembari melantunkan sajak-sajak dijeda lagu, Kerinduan Pure People terbayar sudah, karena bisa melihat Five Horsemen menunggang kudanya malam itu.


Happiness Packed Inside a Backpack

TEKS: WILMA HARTYANDARI, EKO ANDI P., WILMAN ANUGRAH FOTO: VINODII, KIKY MAKKIAH , EKO ANDI P.

H

ellolulu sudah dikenal sebagai produsen tas fungsional dengan model yang selalu mengikuti perkembangan tren. Apalagi untuk memenuhi gaya hidup kaum urban yang dinamis, desain tas yang diproduksi oleh Hellolulu dibuat praktis dan tidak merepotkan si pengguna. Pada bulan Juni kemarin, Hellolulu dengan bangga meluncurkan seri backpack pertamanya di Hongkong.

Mempersembahkan tiga tipe backpack yaitu Conn, Jarrel, dan Logan. Masing-masing tipe tersebut didesain dengan unik serta disesuaikan dengan karakter si pengguna, namun tetap multifungsi dan ringkas. Pilihan warnanya yang beraneka ragam membuat seri backpack dari Hellolulu ini semakin menarik untuk digunakan.

MGTO

Travel Fair 2012

J

akarta, 15 Juni 2012 kemarin, Macau Government Tourist Office Representative di Indonesia bekerja sama dengan Mall Of Indonesia menggelar Macau Travel Fair 2012 dengan tema Macau Holiday “Fascinating Moments – Experience Macau” yang bertempat di Lobby 1, Atrium Area dan Lobby 5 Mall Of Indonesia. Macau Travel Fair 2012 ini berlangsung dari tanggal 15 Juni sampai 15 Juli 2012. Kegiatan ini diadakan untuk menyambut liburan sekolah dan meningkatkan minat masyarakat

Indonesia untuk mengunjungi Macau. Macau Travel Fair 2012 ini diisi dengan banyak acara yang melibatkan pengunjung, antara lain Barongsai dan Lion Dance, Macau Folk Performance, Kids Program Competition, Photo Competition by Pentax dan masih banyak lagi acara menarik lainnya. Berbagai hadiah menarik juga disediakan selama event ini berlangsung, hadiahnya antara lain tiket pesawat ke Macau.

9 JULY / 2012


Tour is a Four Letter Word

D

alam konsernya yang bertajuk “Tour is a Four Letter Word”, Jason Mraz tampil sederhana namun begitu memukau, membius sekitar 6.000 penonton yang memadati Lapangan D Senayan dengan lirik serta musiknya yang positif dan romantis. Membuka penampilan dengan lagu “Everything is sound” dilanjutkan dengan “Freedom” dan tak lupa Jason menyanyikan sebuah lagu spesial untuk ulang tahun Jakarta yang ke-485. Beberapa nomor dari album pertamanya “Only human”, “Make it mine”, serta “Lucky” yang malam itu ia bawakan berduet dengan pemain biola band-nya, sukses membuat

penonton ikut bernyanyi. “Are you feeling good Jakarta? Terima kasih telah bernyanyi bersama, telah menyumbangkan suara kalian untuk ini,” sapanya. “The women I love” dari album terbarunya, kemudian dilanjutkan dengan beberapa lagu serta penampilan spesial-nya membawakan lagu “Di sini senang, di sana senang” ciptaan Ibu Soed sontak membuat semua penonton bersorak. Sekitar 19 lagu sukses dibawakan Jason malam itu, termasuk hits single “I’m Yours”. “I won’t give up”, merupakan lagu penutup pada malam itu. “Selamat tinggal, sampai jumpa lagi,” tutup Jason dengan bahasa Indonesia.

Portal Online Lengkap di Era Urban.

M

icrosoft Indonesia mengumumkan portal online PlasaMSN yang kini menyajikan konten-konten baru dan semakin menarik, buah dari kemitraan strategis antara Microsoft dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Portal ini memadukan berbagai hal terbaik yang dimiliki oleh perusahaan terkemuka dunia di bidang software, solusi, dan layanan teknologi, serta perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang memiliki jangkauan bisnis di bidang telekomunikasi, JULY / 2012

10

informasi, media, edutainment, dan service yang memiliki lebih dari 142 juta pelanggan. PlasaMSN telah berhasil mengundang respon yang luar biasa, berkembang hingga 2,5 juta pengunjung unik per bulan serta menjadi situs video lokal terbesar kedua di Indonesia. Konten-konten baru yang dihadirkan di PlasaMSN antara lain Mens Channel, Cannes Film Festival, Inter Milan di Jakarta, Billboards Music Awards, dan Summer Blockbuster Movies.


bes t tim e

Where:

Guangzhou, Cina

When: Agustus

TEKS: WILMA HARTYANDARI

Why:

Sekitar bulan Agustus, di kota Guanzhou diadakan Festival Bunga Lotus tiap tahunnya. Sebuah distrik di kota Guanzhou yang bernama Fanyu merupakan distrik yang dipenuhi dengan sungai dan kolam-kolam yang berisi bunga lotus. Ketika festival ini berlangsung, ratusan turis lokal maupun mancanegara dapat menikmati indahnya bunga lotus yang mekar. Selain itu, para turis tersebut juga bisa menemukan berbagai produk makanan maupun kerajinan tangan yang berhubungan dengan bunga lotus. Karena festival ini, distrik Fanyu menjadi terkenal baik di Cina sendiri maupun luar negeri.

11

JULY / 2012


coff bodeey trea talkt

“Aduh, repot ya travel with mum...� Tidak bisa bebas pergi karena cepat capek, mesti ekstra hati-hati, dan masih banyak lagi pendapat teman-teman. Tetap saja akhirnya saya memutuskan untuk pergi sejenak dari Jakarta ke beberapa kota di Jawa Tengah dengan mengajak mama. Kalau dulu perjalanan diatur oleh orangtua, kali ini semua saya lakukan sendiri. Mama sendiri begitu semangat dan tidak banyak tanya, sepertinya sudah pasrah dengan semua pilihan saya.

Travel

with Mum Pengalaman berbeda saat bepergian bersama mama yang beranjak tua.

JULY / 2012

12

Mama saya bukannya tidak berpengalaman travel. Untuk perjalanan jauh semi backpacker pun orangtua saya pernah keliling Eropa sebulan tanpa mengikuti agen perjalanan. Hanya saja persiapan kali ini berbeda, ada beberapa hal lebih yang harus saya siapkan mengingat umur mama saya yang sudah tidak muda lagi, seperti jadwal perjalanan yang tidak terlalu ketat, kenyamanan transportasi, tempat makan yang lebih nyaman, penginapan yang pantas, dan persediaan obat-obatan penting. Pemilihan hotel juga menjadi satu pemikiran saya. Jika biasanya mencari hostel, kini saya


mencari hotel dengan harga terjangkau di Agoda dan Xpedia. Yang penting jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat keramaian dan memiliki taxi stand sehingga memudahkan kami untuk bermobilisasi. Persiapan lucu adalah ketika saya memutuskan untuk naik maskapai murah dan berangkat dari Terminal 3 Airport Soekarno-Hatta. Kebetulan untuk rute Jakarta-Semarang sedang ada promosi sehingga per orang hanya perlu kurang dari 200 ribu rupiah. Mama saya yang belum pernah naik maskapai murah bertanya, “Itu aman, ‘kan? Mbak, itu ada nomor tempat duduknya, ‘kan? Enggak berebutan kayak naik bus, karena mama pernah dengar ada maskapai murah yang enggak ada nomor seat-nya...” Saya tertawa dan mencoba menyakinkan mama saya bahwa maskapai murah ini pun aman dan nyaman sampai akhirnya mama bilang, “Oke deh, mama mau coba.”

Selain itu biasanya saya juga membawa camilan untuk membuang rasa bosan di perjalanan. Jangan lupa untuk bersikap ekstra sabar, terutama soal kecepatan berjalan, dan selalu gandeng ketika menyeberang jalan. Yang penting adalah toleransi dan perhatian kita terhadap mama akan memberikan rasa nyaman di kita berdua. Jangan salah, mama kita mungkin akan lebih mandiri dibanding kita, bahkan bisa menjadi teman diskusi, serta mungkin meluangkan waktu dengan mama membuat kita lebih dekat mengenal beliau. Yang pasti, ATM mama saya isinya lebih banyak daripada ATM saya!

TEKS: TARI SU

Satu tempat yang membuat mama saya sangat senang adalah ketika akhirnya saya menemukan rumah makan Toko Oen di Semarang. Dengan wajah berbinar-binar mama bercerita bahwa dulu setiap weekend nenek dan kakek saya selalu membawa mama dan adik-adiknya untuk makan keluar maupun hanya makan es krim. Ternyata bangunan maupun interior-nya tidak banyak berubah, bahkan beberapa menunya termasuk cookies juga sama. Saya memilih Rum Raisin Ice Cream, dan menurut mama saya rasanya sama seperti 50 tahun lalu. Pengalaman saya ini mungkin bisa menjadi inspirasi untuk tidak takut, tidak malu dan tidak merasa terganggu apabila ingin traveling mengajak ibu. Yang penting disiapkan adalah obat-obatan termasuk tetes mata dan koyo. Tidak lupa juga bantal leher untuk mengurangi pegal saat penerbangan lebih dari 1 jam. Alas kaki yang nyaman dipakai untuk jalan serta kaos kaki untuk suhu dingin dalam pesawat atau hotel juga penting. Untuk kenyamanan serta kemudahan mendorong troli, pastikan koper ringan, ringkas, dan memiliki roda yang bagus, terutama karena biasanya ada ransel bawaan sendiri plus kantong oleh-oleh.

13

JULY / 2012


travel tips

Nikmati berada di laut dengan langit biru untuk menyegarkan pikiran dan hati Anda.

B

erpesiar merupakan salah satu pilihan liburan yang menyenangkan. Namun bagi mereka yang belum pernah melakukan liburan seperti ini, mungkin akan merasa kesulitan untuk perencanaannya. Ada beberapa poin utama yang harus diperhatikan ketika Anda ingin berpesiar, sisanya Anda hanya perlu bersantai dan merasakan angin laut berhembus ke wajah Anda.

> Tentukan Budget Masih banyak kapal pesiar yang memasang tarif dengan harga yang masuk akal. Namun, Anda harus tetap cermat mencari kapal pesiar mana yang menyediakan fasilitas yang sesuai dengan harga yang mereka tawarkan. Harga yang lebih murah bisa Anda dapatkan dengan membuat reservasi lebih awal, biasanya sekitar dua bulan sebelum tanggal liburan.

> Berapa Hari? Penting untuk menentukan berapa lama Anda ingin berpesiar, karena rata-rata kapal pesiar akan melakukan perjalanan selama seminggu. Apabila

JULY / 2012

14 14

Anda tidak mempunyai waktu selama itu, ada baiknya Anda mencari kapal pesiar yang melakukan perjalanan dengan rute pendek dan dilakukan selama akhir pekan.

> Waktu dan Tujuan Bagi Anda yang memiliki ketakutan terhadap laut atau mabuk laut, berarti harus menentukan tanggal berpergian ketika keadaan laut sedang tenang. Cari tahu dengan mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang kapal pesiar yang dipilih serta rute tujuan yang mereka tawarkan, karena destinasi dari liburan juga sangat berpengaruh. Memang alam tidak dapat diprediksi, tapi tidak ada salahnya kan berjaga-jaga?

> Berkemas dengan Pintar!

Melakukan liburan dengan kapal pesiar membutuhkan kecermatan tersendiri ketika Anda mengemas pakaian dan segala kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda direpotkan dengan masalah barang bawaan, berkemaslah dengan praktis dan pintar!

TEKS: WILMA HARTYANDARI

Let’s Cruise!


advertorial

Learning America at

@america Mengenal Amerika tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk pergi langsung ke sana.

A

merika tidak hanya sebatas film-film Holywood, musik terbaru, atau produk-produk konsumen. Banyak hal dari Amerika yang kita bisa pelajari, dan untuk mengetahuinya tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke Amerika. Sejak 2 Desember 2011 di Pacific Place – Jakarta, telah hadir @america, pusat kebudayaan Amerika yang dapat memberikan banyak informasi tentang negara tersebut secara lengkap. Pemilihan Indonesia sebagai lokasi pertama @america didasari oleh hubungan baik yang selama ini terjalin antara pemerintah Amerika dan Indonesia. Dikemas dalam penyajian yang interaktif dan berteknologi tinggi, @america memberikan peluang bagi para generasi muda Indonesia untuk berdialog mengenai topik yang menjadi minat mereka yang tentunya berhubungan dengan Amerika. Bukan hanya budaya, tapi juga informasi tentang pendidikan, teknologi, dan pariwisata – semua dapat diperoleh secara gratis.

Jason Rebholz, Assistant Cultural Attaché for @america, menjelaskan bahwa belajar di Amerika juga menjadi keinginan dari banyak generasi muda Indonesia, dan @america memberikan kemudahan fasilitas informasi tentang peluang untuk belajar di Amerika, program beasiswa yang tersedia untuk pelajar di Indonesia, dan informasi tentang universitas yang bisa mereka pilih. “Pendidikan menjadi tujuan utama dari keberadaan @america, kami menginginkan banyak generasi muda Indonesia kembali untuk mencari informasi tentang pendidikan di @america,” tambah Jason. Dengan keberadaan @america, diharapkan generasi muda Indonesia dapat mengenal Amerika dari banyak sisi sehingga terjalin hubungan yang dinamis antara Amerika dan Indonesia, terutama dalam peningkatan pendidikan di generasi muda.

@america Pacific Place Mall 3rd floor #325 Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53 Kebayoran Baru, Central Jakarta, 12190 W: www.atamerica.or.id 10.00 - 21.00

15JANUARY / 2012


on top

FEEL THE WORLD IN A MONTH! Bersiaplah merogoh kocek untuk 14 destinasi menarik di dunia dalam satu bulan dengan menggunakan private jet serta pelayanan kelas atas. erbang dengan menggunakan Boeing 757-200 yang sudah dirubah menjadi sebuah pesawat kelas bisnis yang mewah dan nyaman untuk menuju ke sekitar 14 destinasi menarik di dunia merupakan liburan impian setiap orang. Semuanya sudah dipersiapkan, Anda hanya perlu berbekal pakaian serta kebutuhan Anda dan tentunya Anda juga harus rela merogoh kocek sekitar $38.000. Destinasi pertama yaitu Honolulu dan Waikiki, daerah pantai yang akan membuat Anda terlena dengan keindahan pantainya. Lalu Anda akan menikmati tiga malam berlayar dengan private ship di kepulauan Fiji. Petualangan akan dilanjutkan ke daerah Rotorua, New Zealand, atau yang dikenal dengan Home of the Maoris. Di sini Anda akan mengeksplor Waitomo Glow Worm Caves. Tidak jauh dari situ, Anda akan dibawa ke Sydney dan rasakan kenikmatan kuliner

JULY / 2012

16

beratapkan bintang-bintang di Uluru, daerah pegunungan Australia. Bali masuk ke dalam daftar perjalanan kali ini, Anda berkesempatan untuk mengenal Bali lebih dekat dengan berkeliling di desa-desa dan melihat kesenian lokal yang eksotik. Kembali terbang untuk menuju Afrika Selatan dan menikmati alam liar yang menantang, dilanjutkan dengan terbang menggunakan helikopter untuk menikmati kota Rio dari atas. Rasakan arus liar yang akan membawa Anda ke air terjun di Iguacu. Perjalanan Anda akan diakhiri dengan gala dinner di Caracas, Venezuela. Incredible journey awaits you! www.privatejettours.ca

TEKS: WILMA HARTYANDARI

T


special feature

Taste of Turkey Lirik salah satu kuliner yang paling populer di samping masakan Cina dan Perancis.

J

ika masakan Cina terlalu mudah ditemui di manapun sementara masakan Perancis tidak selalu cocok dengan lidah semua orang, coba kunjungi negeri surga makanan dengan cita rasa yang cocok dengan selera sebagian besar masyarakat Indonesia. Meskipun banyak menggunakan bahan dasar berbagai jenis daging, menu makanan di Turki cenderung sehat karena terbuat dari bahan segar dan diimbangi dengan sayuran yang kadang memiliki porsi lebih besar dibanding dagingnya sendiri. Anda tentu familiar dengan Kebab, daging panggang atau bakar yang ditusuk dengan batang besi. Kebab ini sendiri dapat dikembangkan menjadi berbagai hidangan, mulai dari Shish Kebab yang mirip sate hingga Doner Kebab yang dibakar secara vertikal dan biasanya digulung dengan Lavash dan sayursayuran. Makanan berbahan daging lainnya termasuk Alanazik, Sac Kavurma, Tandir, dan Kofte.

krim ayran. Jangan lupa menyantap yogurt Cacik sebelumnya sebagai makanan pembuka. Teh dan Kopi Turki merupakan bagian penting di kehidupan masyarakat setempat. Jika Anda berkunjung ke rumah seorang Turki, Anda pasti akan ditawarkan teh ataupun kopi sebagai bentuk ramah tamah yang normal. Rasa keduanya cenderung kuat dan tergantung pada Anda apakah ingin menambah gula. Tidak ketinggalan adalah satu jenis makanan yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan terkenal sejak dulu yaitu Turkish Delight atau Lokum. Lokum merupakan berbagai jenis manisan yang terbuat dari gel, gula, tepung, dan biasanya ditambah kacangkacangan serta perasa tertentu. Saking enaknya, dulu para kalangan atas biasa membungkusnya dengan sapu tangan dan memberikannya sebagai hadiah!

Makanan murah yang mudah ditemui adalah Pilav, nasi yang dimasak dengan air kaldu bersama daging atau sayuran. Jika belum kenyang, coba temani dengan BĂśrek, lumpia dengan sejumlah pilihan isi atau GĂśzleme, martabak Turki yang disajikan dengan

17 JULY / 2012


gran d jour ney

BEIJING

HISTORICALLY RICH, PRESENTLY STUNNING Ibu kota RRC yang dulunya bernama Peking ini merupakan salah satu kota kuno yang menjadi surga pecinta sejarah dan belanja.

JULY / 2012

18


19 JULY / 2012


Beijing City (olympic stadium)

K

ota metropolitan ini merupakan ibu kota Republik Rakyat Cina dan salah satu kota paling padat di dunia dengan total populasi hampir 20 juta jiwa. Kota kedua terbesar di Cina setelah Shanghai ini merupakan pusat dari pemerintahan, budaya, dan pendidikan serta menjadi pintu masuk menuju Cina dengan bandara yang disebut sebagai bandara tersibuk kedua di dunia. Kota yang sempat menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2008 ini sudah banyak berbenah diri untuk menyambut wisatawan. Beijing merupakan salah 1 dari 6 kota kuno di Cina dengan peninggalan sejarah yang masih terjaga. Menghabiskan waktu beberapa hari saja di kota ini memang serasa kurang dengan begitu banyaknya atraksi dan tempat menarik yang dapat Anda kunjungi. Saya menginap di Beijing City Central Youth Hostel. Lokasi hostel yang tepat berada di depan stasiun kereta utama menjadi alasan kami memilih hostel tersebut. Hari pertama di Beijing akan saya habiskan di Great Wall. Siapa sangka akses menuju Great Wall ada lebih dari satu? Jika Anda ingin melihat keindahan Great Wall yang berkelok-kelok dengan fasilitas yang lengkap dan tidak jauh dari Beijing, maka Bedaling adalah pilihan pertama. Mungkin pemandangan di Bedaling akan sangat

DAY 1

JULY / 2012

20

familiar karena banyak ditemukan di majalah, buku panduan, dan kartu pos. Hal tersebut membuat Bedaling sangat ramai dengan turis lokal maupun asing. Saya memilih jalur yang tidak terlalu banyak turis dan mudah diakses tapi sedikit lebih jauh yaitu Mutianyu. Untuk mencapai Mutianyu sangat mudah, saya menggunakan Bus No. 916 dari Dongzhimen Bus


Mutianyu great wall Station yang sudah terhubung dengan kereta bawah tanah. Setelah sejam lebih perjalanan, akhirnya saya tiba di Huairou Bus Shelter. Dari situ perjalanan dilanjutkan dengan mini bus menuju Mutianyu selama 20 menit. Perjalanan menaiki bukit dengan pemandangan tembok raksasa akan membuat Anda membuka mata lebar-lebar memandangi keindahan yang disuguhkan oleh Dinasti Ming. Selain lokasi yang strategis, Mutianyu Great Wall terkenal dengan pemandangan landscape yang dikelilingi oleh hutan lebat, sehingga pemandangan tersebut akan berganti seiring dengan bergantinya musim. Bunga bermekaran di musim semi, rumput menyelimuti bukit di musim panas, daun yang memerah di musim gugur, dan salju yang menutupi tembok ini di musim dingin membuatnya tampak semakin megah. Berhubung akan memakan waktu setengah jam untuk sampai ke atas, bagi yang tidak mau bersusah payah dapat menaiki Cable Car. Opsi menggunakan Slide untuk turun juga menjadi pilihan yang mengasyikkan dan berbeda serta membutuhkan nyali yang berlebih. Great Wall atau Tembok Besar Cina adalah salah satu dari keajaiban terbesar di dunia dan tercatat

21 JULY / 2012


QUICK!FACTS Wangfujing Street Al-Cazaba. sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1987. Bangunan yang menyerupai naga raksasa ini dibangun dari Timur ke Barat Cina sepanjang 8.800 km, menaiki dan menuruni padang pasir, pegunungan, dan padang rumput. Dengan sejarah lebih dari 2.000 tahun, tidak heran kalau banyak bagian yang sudah runtuh dan hilang, namun tembok besar ini masih menjadi atraksi paling menarik di dunia karena kemegahan dan makna sejarah yang tertimbun di dalamnya. Dibutuhkan 4 dinasti untuk membangun tembok yang diperuntukan sebagai garis pertahanan Cina ini, mulai dari 476 SM sampai Dinasti Ming pada tahun 1368-1644. Waktu 1 hari mengunjungi Great Wall memang tidak sebanding mengingat dibutuhkan ribuan tahun untuk mebangunnya. Pukul 4 sore saya sudah harus kembali ke Beijing karena harus mengejar bus terakhir jam 5. Malam hari di musim dingin dengan suhu -10 derajat Celcius tidak mengurungkan niat saya untuk berbelanja di kawasan Wangfujing Shopping Street. Jalan yang panjangnya hampir 1 km ini memang sudah menjadi surganya belanja di Beijing. Kiri kanan jalan dipenuhi dengan toko-

JULY / 2012

22

Darah bebek, serangga goreng, hingga alat kelamin berbagai binatang termasuk kuliner menantang di Beijing.

Wangfujing Street Food Stall

Wangfujing Special Snack


toko yang berjualan berbagai macam barang dan makanan. Hampir semua hal yang Anda butuhkan untuk oleh-oleh dapat dibeli di sini. Merek-merek ternama dunia juga tidak mau ketinggalan untuk membuka toko mereka di Wangfujing Street. Bagi penggemar kuliner yang ekstrim, jalan ini bisa jadi tempat uji nyali dengan banyaknya penjual kuliner yang terbilang tidak biasa, mulai dari belalang, ulat bambu, kalajengking, kelabang, sampai kadal goreng yang saya sendiri tidak berani untuk mencobanya. Di tengah-tengah jalan bediri kokoh St. Joseph Cathedral, gereja Katolik nomor 2 tertua di Beijing yang dibangun pada tahun 1904 dengan arsitektur bergaya Eropa seperti gereja katedral pada umumnya. Akses menuju Wangfujing sangatlah mudah, Anda cukup menggunakan kereta bawah tanah line 1 menuju Wangfujing Station.

Pada hari ke-2 di Beijing, kami akan mengunjungi Forbidden City. Dinamakan demikian karena kompleks istana ini sempat tertutup untuk publik selama 500 tahun. Dibangun tepat di tengah kota Beijing, Forbidden City atau Gu Gong adalah istana yang dibangun selama 14 tahun dan telah ditinggali oleh 24 kaisar pada masa Dinasti Ming sampai Dinasti Qing. Forbidden City merupakan kompleks istana terbesar di dunia dengan luas 74 hektar, dikelilingi parit dan dilindungi oleh dinding setinggi 10 meter serta memiliki lebih dari 8.000 ruangan di dalamnya. Jarak antara gerbang Utara dan Selatan sepanjang 960 meter, sedangkan jarak antara Timur dan Barat 750 meter. Kompleks ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian Selatan merupakan tempat kaisar melaksanakan kekuasaan atau tugasnya sebagai kaisar dan bagian Utara tempat kaisar dan keluarganya tinggal.

DAY 2

Forbidden City Gugong

23 JULY / 2012


Tiananmen Kemegahan pilar-pilar tinggi dengan ukir-ukiran khas Cina yang dilapisi emas membuat saya takjub dan terpesona. Di sinilah tempat yang biasa disuguhkan dalam ďŹ lm-ďŹ lm Mandarin yang sering saya saksikan. Saya hanya bisa membayangkan bagimana ribuan prajurit berbaris dengan rapi menghadap ke kaisar yang sedang berpidato di lapangan bagian tengah Forbidden City. Taman yang berada di sisi Utara kompleks dibuat dengan sentuhan tradisional Cina juga membawa khayalan saya ke masa-masa dinasti saat para ratu dan dayang-dayangnya menghabiskan waktu di taman ini. Tiket dengan harga 40 Yuan dapat Anda beli langsung di gerbang masuk yang berada di bagian Selatan, tepat di pintu keluar Tiananmen West Subway Station. Ada baiknya datang lebih awal untuk menghindari keramaian di siang hari. Waktu yang ideal untuk mengeksplorasi Forbidden City adalah sekitar 3-4 jam. Keluar dari Forbidden City , saya langsung mengunjungi Tiananmen Square. Di tengahnya terdapat Monument to People’s Heroes yang dibangun pada tahun 1952. Bangunan ini merupakan monumen terbesar dalam sejarah Cina. Di sekitar Tiananmen Square, ada beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi seperti National Museum JULY / 2012

24

Monumen Revolusi Bejing

Qianmen Street


of Cina dan Memorial Hall of Chairman Mao tempat Anda dapat melihat mumi Chairman Mao secara langsung. Tujuan selanjutnya adalah Qianmen Street yang terletak di Selatan Tiananmen Square. Jalan yang baru saja dibuka kembali setelah perbaikan yang memakan biaya tinggi ini dibangun menyerupai jalan pada Dinasti Qing. Pada tahun 1950-an, jalan ini sempat disebut Zhengyangmen. Sepanjang jalan yang ditutup untuk kendaraan ini, Anda dapat menikmati waktu berbelanja dan wisata kuliner. Toko-toko dengan arsitektur tua berderet dari ujung ke ujung. Bagi saya, tempat perbelanjaan ini sangat menarik karena sangat menggambarkan keberadaan saya yang benar-benar sedang di Cina, terlebih lagi dengan adanya trem untuk kepentingan wisata membuat suasana semakin mendukung membawa saya ke masa silam. Kurang rasanya kalau ke Beijing tapi belum mencoba bebek peking. Di Qianmen Street ini terdapat restoran yang paling terkenal dengan bebek pekingnya, yaitu Quanjude Peking Duck. Restoran yang telah berdiri dari zaman Dinasti Qing ini menjadi pionir penjualan bebek peking yang sekarang terkenal akan kenikmatannya di seluruh dunia. Malam terakhir di Beijing akan kami habiskan di Houhai Bar Street. Jalan yang berada di pinggir Danau Houhai ini merupakan tempat bertemunya budaya Timur dan Barat. Terdapat lebih dari 100 bar yang bersebelahan sepanjang jalan membuat Houhai Bar Street sebagai tempat paling ramai

Houhai Barstreet di kala malam menjelang. Bagi orang penggila nightlife, Houhai Bar Street merupakan tempat yang tidak diragukan lagi. Selain bar, bagian tengah Danau Houhai yang membeku di kala musim dingin juga digunakan sebagai arena ice skating. Sangat disayangkan kami tidak menghabiskan waktu sampai larut karena harus mengejar kereta pagi hari menuju Xi’an.

Quanjude Peking Duck

DAY 3

Setelah menempuh perjalanan selama 12 jam menggunakan kereta, kami tiba di Xi’an pukul 6 sore. Ibu kota dari Provinsi Shaanxi ini merupakan kota tua tempat dimulainya Jalan Sutra di bagian

25 JULY / 2012


Century 21 Department Store

Xian Muslim Quarter Timur dan rumah bagi Terracotta Army. Kali ini kami menginap di Hang Tang Inn Youth Hostel, salah satu budget hostel dengan pelayanan dan fasilitas terbaik di Xi’an. Lokasi strategis di pusat kota dan dekat dengan Xi’an Muslim Quarter yang akan menjadi lokasi perburuan kuliner kami kali ini. Sebagai titik awal Jalan Sutra, Xi’an menarik pedagang dari barat sejak 1 abad sebelum masehi. Selama abad ke-8, Xi’an adalah kota terbesar di dunia dengan lebih dari 1 juta penduduk. Sepertiga dari mereka adalah orang asing dan dari situlah asal warga muslim Xi’an. Banyak sekali wajahwajah perawakan Arab, wanita Cina berjilbab, dan pria dengan kopiahnya kami temukan sepanjang komplek muslim ini. Xi’an Muslim Quarter adalah daerah yang menarik tempat anda dapat menemukan makanan eksotis dan kios suvenir khas yang hanya bisa Anda dapatkan di sini. Bagi kami yang beragama muslim, tempat ini adalah surga makanan yang benar-benar memberikan kebebasan bagi kami untuk mencoba semuanya, karena hampir semua penjual memakai label halal di depan tokonya. Salah satu panganan wajib dicoba adalah mie dengan taburan daging kambing Yangrou Paomo dan Roti Isi Rou Jia Mo serta kebab yang dijajakan di pinggir jalan. JULY / 2012

26

Terracotta Warrior Tujuan utama kami ke Xi’an sebenarnya untuk mengunjungi Terracotta Army. Salah satu situs peninggalan sejarah di Cina ini merupakan penggalian arkeologi yang paling besar di abad ke-20. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi karena ketenaran dan kemegahannya yang sudah terkenal di seluruh dunia. Penemuan harta arkeologi ini dimulai pada tahun 1974 di sebelah Timur Xi’an ketika sekelompok petani di kawasan itu

DAY 4


Teracotta Army

TEKS: MUSTHOFA FOTO: MUSTHOFA, NTALKA, ADAM CLYDE, MADGRIN, INABA TOMOAKI, CLIPPER MOONSON.

sedang menggali sumur air di dekat makam Kaisar Qin dan menemukan patung prajurit. Penggalian tersebut menuntun arkeolog untuk menemukan dan menguak sejarah Terracotta Army yang telah lama bersembunyi. Untuk mencapai museum ini sangatlah mudah, cukup dengan menggunakan Tourist Bus No. 5 (306) dari stasiun kereta dengan waktu perjalanan selama 1 jam. Museum yang meliputi area seluas 16.300 meter persegi ini dibagi jadi 3 pit dan patungpatungnya ditandai berdasarkan dengan urutan penemuannya. Pit 1 adalah yang terbesar, pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1979. Di dalam pit ini terdapat barisan tentara diikuti oleh kereta perang di bagian belakang. Pit ke-2 dan ke-3 di temukan pada tahun 1976, hanya dipisahkan jarak 20 meter dari pit 1. Di dalamnya terdapat lebih dari 1.000 prajurit dan 90 kereta kuda yang terbuat dari kayu. Kedua pit ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 1994. Secara keseluruhan, dari 3 pit terdapat lebih dari 8.000 patung yang meliputi prajurit, kuda, dan kereta kuda dengan wajah yang berbeda. Menurut sejarawan Sima Qian, pembangunan makam agung Kaisar Qin Shi Huang dimulai disekitar 246 SM, saat usia sang kaisar baru menginjak 13 tahun, dengan memperkerjakan kurang lebih 700.000 orang. Namun apa tujuan Kaisar Qin Shi Huang membangun semua ini?

Faktanya, makam ini didirikan sebagai gambaran akan sebuah istana bawah tanah yang begitu besar dan mewah. Bahkan dikatakan ini adalah istana bawah tanah dengan struktur paling rumit dalam kemegahan dan fasilitasnya. Tiruan sungai yang terbuat dari air raksa serta langit-langit dengan hiasaan mutiara turut mempercantik istana. Kepercayaan di lingkungan kerajaan menyebutkan bahwa Kaisar Qin Shi Huang akan terus memimpin kerajaan di kehidupan berikutnya. Untuk itu ia membutuhkan sebuah istana sebagai pusat kerajaan, lengkap beserta para bala tentara dan pegawai-pegawai pemerintahan.

!

Meludah, bersendawa, dan kentut sudah menjadi hal lumrah bagi masyarakat Cina , jadi jangan heran atau terkejut apabila Anda melihatnya.

Sangat sedikit orang yang bisa bahasa Inggris, jadi wajib bagi anda untuk membawa kartu nama hotel dengan tulisan Cina dan beberapa kata dalam bahasa Mandarin agar dapat bertanya ketika tersesat. Hiraukan mahasiswa di sekitar Tiananmen Square yang beramah tamah dan menawarkan untuk minum teh karena mereka sudah kerja sama dengan pemilik kedai teh.

27 JULY / 2012


Mulai 320 USD/ malam

Grand Hyatt Beijing (www.beijing.grand.hyatt.com) Hotel yang berada tepat di Wangfujing Shopping District.

Mulai 15 USD/ malam

Untuk yang senang hang out di bar, bisa mengunjungi Sanlitun Area tempat ekspat di Beijing biasa menghabiskan waktu malamnya. Bar yang terkenal Centro dan Hidden Tree. Vics (www.vics.com.cn) HTM: 35 Yuan Bisa di bilang klub paling tenar di Beijing dengan musik RnB dan Hip Hop masa kini.

BUDGET Beijing City Central Youth Hostel (www.centralhostel.com) Berada tepat di depan Beijing Main Train Station.

Banyak maskapai yang menawarkan penerbangan langsung Jakarta-Beijing seperti Air Asia, Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Korean Air, dan Cathay Pacific. Beijing Transportation Smart Card seharga 40 Yuan (termasuk deposit 20 Yuan). Subway: Tarif flat 2 Yuan sekali jalan. Subway menjadi pilihan utama keliling di Beijing maupun Xi’an. Becak: Tarif relatif. Tur 2,5 jam sekitar 200 Yuan. Taksi: Mulai 10 Yuan. Bus: Mulai 0,4 Yuan. Liulichang Area: Tempat berburu barang antik dan kain sutera. Hati-hati karena banyak barang antik palsu. Sanlitun Yashou Clothing Market: Terdiri dari 5 lantai yang menjual beraneka ragam pakaian, sepatu, tas dan asesoris.

JULY / 2012

28

Halo: ni hao Selamat tinggal: zài jiàn Iya: shì Tidak: bú shì Tidak,terima kasih: bú yòng le, xiè xiè Terima kasih: xiè xiè Saya tidak paham: wo tīng bù dong Berapa: duō shao qián Terlalu mahal: tài guì le

Jkt-Beijing-Jkt (promo) Visa Beijing Airport tax

Day 1

Hostel Bus Great Wall pp HTM Great Wall Cable Car+Slide Transport Makan

Day 2

Provider terbaik di Cina adalah China Mobile. Anda bisa beli di toko-toko kelontong pinggir jalan dengan harga 50 Yuan berikut pulsanya. Rata-rata colokan listrik di Cina 220V dengan 2 jenis berbeda dalam satu tempat. Sebaiknya bawa konverter universal untuk amannya. Spring: April-May Summer: Juni-Agustus Autumn: SeptemberOktober (recommended) Winter: November-Maret

Hostel Forbidden City Peking Duck Transport Makan

Day 3

Tiket kereta Xi’an Hostel Makan

Day 4

Hostel Makan Terracotta Army Bus pp ke TA

TOTAL *kurs 1 CNY = Rp 1.400 1 USD = Rp 9.300

Rp 3.200.000 Rp 540.000 Rp 150.000 15 USD 100 Yuan 45 Yuan 65 Yuan 20 Yuan 100 Yuan

15 USD 40 Yuan 300 Yuan 20 Yuan 100 Yuan

300 Yuan 40 Yuan 80 Yuan

40 Yuan 100 Yuan 150 Yuan 40 Yuan

Rp 6.325.000


urba n stor y

Java

Spirit of

Bagi penyuka budaya, Solo bagaikan kitab super tebal yang tak kunjung habis dibaca.

S

eorang teman bilang, kota Solo dalam tiga kata adalah: budaya, batik, dan keraton. Pantaslah bila semboyan “Spirit of Java” disematkan padanya. Tanpa tiga hal ini, Solo akan terasa sama seperti kota-kota lainnya di Jawa. Keraton menjadi institusi penting untuk menjaga nafas budaya agar tetap hadir dalam kehidupan masyarakat Solo. Di dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, hingga hari ini produk budaya terus dilahirkan, diolah, dan dilestarikan. Saya sempat melihat di salah satu sudut keraton, anak-anak ningrat berlatih menari dengan tekun pada sore hari. Gerakan mereka sungguh luwes dan khidmat. Mengalun mengikuti tembang karawitan yang dimainkan para abdi dalem. JULY / 2012

30

Peran serta masyarakat Solo dalam melakukan upaya nguri-uri kabudayan (melestarikan budaya) juga tak bisa dianggap remeh. Lihat saja antusiasme penduduk Solo saat perhelatan Solo Batik Carnival atau Solo Wayang Karnaval yang dihelat setiap tahun. Muda-mudi berdandan dalam balutan budaya kontemporer, sedangkan para orang tua dan handai taulan memadati jalan arteri yang dilewati. Solo memang tak pernah sepi dari kegiatan-kegiatan budaya seperti ini. “Setiap bulan pasti ada satu atau dua acara,” kata Yusuf, seorang pengelola agen perjalanan di Solo, “sedangkan pada bulan Juni hingga Agustus ada delapan event budaya yang rutin digelar!”. Semua ini tak lepas dari tangan dingin Walikota Solo, Joko Widodo, yang banyak melakukan gebrakan dalam


TEKS: AYOS PURWOAJI FOTO: YUSUF SOLO

memposisikan Solo sebagai kota budaya. “Saya ingin mengembangkan Solo sebagai kota MICE,” kata pria yang lebih tenar disebut Jokowi ini pada media. Selama jabatannya, berbagai acara budaya bertaraf internasional pun digelar di Solo. Salah satunya adalah Solo International Ethnic Music Festival yang mendatangkan berbagai musisi world music dari berbagai negara. Gagasan ini semakin menjadijadi karena baru saja Solo menjadi kandidat New 7 Wonders Cities. Kebijakan pemerintah yang pro-budaya ini membentuk atmosfer Solo menjadi kental dengan nuansa budaya. Imbasnya, berbagai kantong kesenian yang tersebar di sudut-sudut kota Solo pun menjadi lebih hidup. Seperti padepokan Ki Demang yang selalu penuh turis saat malam bulan purnama. Para bule itu duduk lesehan dalam sebuah ampiteater kecil di beranda rumah Ki Demang hanya untuk mendengarkan orkestra lesung yang

dimainkan nenek-nenek. “Solo itu hidup dari budaya, untuk itu harus selalu dijaga,” kata Ki Demang. Di samping padepokan Ki Demang ada sebuah bengkel keris yang masih aktif hingga hari ini. Kriya Metalurgi kuno itu ternayata masih terus dipraktikkan. Saya pikir, membuat keris itu hanya dilakukan oleh Empu Gandring di zaman Majapahit. Pada hari-hari biasa, workshop ini bisa dikunjungi oleh siapa saja yang ingin melihat proses pembuatan keris modern. Sayangnya saya datang sudah terlalu sore dan workshop sudah tutup. Ki Demang mengajak saya mengaso di sebuah lincak bamboo sementara istrinya menyeduhkan kopi hitam pekat. “Budaya itu nggak boleh mati, Nak, Le. Ini adalah proses terus menerus yang harus ada. Biar hidup kita ini jadi lebih bermakna,” kata Ki Demang sambil menyeruput kopinya.

31 JULY / 2012


exp lore

JULY / 2012

32


Wajah Purba Nusa Tenggara Timur Keindahan alam yang seakan berhenti di masa lalu, lengkap dengan pesona satwa purba asli Indonesia.

33 JULY / 2012


M

emang benar ucapan orang, semakin menjelajah Indonesia bagian Timur, pemandangan alamnya semakin indah. Sudah saya buktikan ketika mengunjungi Labuan Bajo dan Pulau Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo merupakan tempat persinggahan awal saya dari beberapa tujuan wisata yang akan dikunjungi. Pertama, saya memutuskan untuk mengunjungi sebuah gua di bukit batu dekat bandara yang dikenal dengan nama Batu Cermin. Namanya didapat dari sinar matahari yang masuk ke dalam gua melalui lubang dan kemudian memantul ke dinding batu, seolah-olah mereeksikan cahaya seperti sebuah cermin. Gua ini memiliki banyak lorong dan dipenuhi dengan stalagtit dan stalagmit. Saya juga menemukan fosil terumbu karang dan penyu yang memperkuat dugaan bahwa gua ini merupakan bagian palung laut di masa lampau. Setelah puas menjelajah Batu Cermin dan hunting foto di dermaga Labuan Bajo, saya menginap semalam di Hotel Waecicu yang dibangun di atas

JULY / 2012

34

bukit dan menghadap laut NTT yang indah. Jarak antara lobi hotel dan bibir pantai sangat dekat sehingga saya dapat dengan bebas menikmati private beach dan melihat langsung sunrise dan sunset tanpa harus menaiki bukit. Tempatnya sangat indah dan romantis, banyak dipenuhi bunga dan ornamen kayu yang memberi kesan hangat, apalagi suasananya sungguh membuat badan rileks dengan mendengarkan alunan musik alam nonstop, yaitu desiran ombak. Keesokan paginya, kapal yang akan mengantar kami island hoping di kawasan Pulau Komodo pun sudah tiba. Dengan kapal ini, saya akan menghabiskan 2 hari 1 malam mengunjungi Kawasan Pulau Komodo. Jarak dari satu pulau ke pulau lain cukup jauh, jadi memang harus tinggal di kapal agar mobilisasinya lebih mudah. Kapal yang saya huni berkapasitas 25 orang termasuk awak kapal. Terdapat 20 tempat tidur, 2 kamar mandi, AC, stereo, meja makan besar, rooftop untuk menikmati pemandangan dari atas kapal, dan fasilitas listrik yang terbatas penggunaannya. Tidak perlu khawatir dengan stok makanan karena awak kapal sudah


Rinca rata-rata memiliki panjang 2,5 m. Hebatnya, komodo dapat hidup hingga usia 50 tahun. Komodo jantan akan saling memangsa pada musim kawin, yaitu dari Juli hingga Agustus, karena populasi komodo jantan lebih banyak daripada betina. Usia komodo jantan yang siap kawin adalah 7 tahun, sedangkan betina 6 tahun. Komodo betina memiliki moncong yang lebih runcing dan berbadan lebih kecil dibandingkan yang jantan.

Komodo. perhitungkan persediaan makanan selama hidup di tengah laut. Satu hal yang membuat saya betah adalah tidak ada sinyal ponsel sepanjang perjalanan, jadi terasa betul liburan yang terisolasi dari dunia luar. Saya sempat mampir ke sebuah daerah bernama Warloka untuk wisata sejarah melihat situs purbakala, melihat berbagai peninggalan seperti batu nisan serta alat-alat batu pada zaman prasejarah. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Pulau Rinca dan Taman Nasional Pulau Komodo untuk melihat Komodo langsung di habitatnya. Saya penasaran sekali dengan kadal purba yang konon dapat mencium darah dan bangkai hewan hingga radius 9 km. Sepanjang perjalanan untuk melihat komodo, para ranger memberikan kami informasi tentang hewan yang dapat menelan kambing hanya dalam sekali telan ini. Komodo merupakan jenis kadal purba yang hidup di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami. Jumlah populasinya di Taman Nasional Komodo hingga saat ini berkisar 1.336 ekor. Komodo yang terdapat di Taman Nasional Komodo dan Pulau

Setelah trekking selama kurang lebih 1 jam, saya pun akhirnya melihat sosok komodo dari jarak dekat. Bulu kuduk saya seketika merinding. Meskipun sedang dalam posisi diam, tapi tatapan mata komodo terlihat waspada. Air liur komodo sebenarnya tidak berbahaya jika kita terciprat pada kulit. Cipratan tidak akan menimbulkan kematian atau infeksi. Yang berbahaya justru jika kita tergigit. Mulut komodo mengandung 57 bakteri mematikan yang akan langsung menyebar ke pembuluh darah di tempat kita tergigit sehingga menyebabkan kematian. Menurut ranger, sebagian besar aktivitas komodo dihabiskan dengan berjemur. Hal ini untuk mempercepat proses pencernaan karena metabolisme komodo berjalan lamban. Jika tidak berjemur, makanan tersebut akan membusuk dan dapat meracuni tubuh komodo sendiri. Selain melihat komodo, ada satu tempat menarik untuk dikunjungi yaitu Pink Beach di sebelah Selatan Pulau Rinca, dengan lama perjalanan menggunakan kapal sekitar 45 menit. Pasir di Pink Beach ini berwarna pink disebabkan oleh campuran pecahan karang berwarna merah, cangkang kerang, kalsium karbonat dari invertebrate laut, dan Foraminifera seperti Amoeba Mikroskopus yang memiliki cangkang berwarna pink. Dari kejauhan,

35 JULY / 2012


pemandangan terlihat sangat indah karena perpaduan antara garis pantai yang berwarna pink dengan gradasi warna biru laut, biru muda dan hijau toska. Ternyata tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Bahama, Pulau Santa Cruz, Pulau Budelli, Kepulauan Karibia, Balos Lagoon, dan Pantai Bermuda untuk menikmati pasir berwarna pink, karena di Indonesia juga ada. Tidak hanya menikmati pasir berwarna pink, pemandangan bawah laut di Pink Beach juga sangat indah. Kami diturunkan di spot snorkeling sekitar 200 meter dari bibir pantai. Baru kali ini saya melihat begitu banyak jenis terumbu karang di satu spot, ada yang berbentuk bulat dan seperti otak manusia, ada yang seperti kelopak bunga mawar, dan juga yang berbentuk lempengan. Karangnya berwarnawarni dari merah, hijau, biru, hingga ungu. Saya juga menemukan bintang laut berwarna biru serta ikan beraneka ragam dan warna. Rasanya tidak bosan berlama-lama snorkeling. Setelah menikmati indahnya Pink Beach, saya singgah di Manta Point untuk snorkeling bersama ikan pari. Memang agak sulit untuk foto bersama ikan pari karena mereka berenang cepat sekali. Saya pun tidak memiliki cukup waktu karena hari semakin sore dan laut sudah mulai berombak kencang. JULY / 2012

36

Persinggahan terakhir saya adalah Pulau Kanawa, sekitar 45 menit dari Labuan Bajo. Di pulau ini terdapat tempat penginapan dan lokasi snorkeling serta kayaking. Penginapannya bergaya seperti bungalo dengan dekorasi kayu berbentuk rumah panggung seperti perkampungan nelayan untuk memberi kesan back to nature. Sama seperti Hotel Waecicu, aliran listrik mati pada jam 23.00 sehingga

Penting! Tidak disarankan bagi pengunjung wanita yang sedang haid untuk memasuki wilayah Taman Nasional Pulau Komodo. Minum air putih yang banyak agar tidak dehidrasi, cuaca NTT sangat panas. Fotografer disarankan membawa ďŹ lter ultra violet, CPL, dan kamera underwater. Arus laut lumayan kuat sehingga snorkeling pun membutuhkan stamina yang ďŹ t. Suvenir khas NTT adalah kain tenun dan replika patung komodo yang dapat ditemui di Taman Nasional Pulau Komodo.

TEKS: RATRI INDAH SEPTIANA FOTO: EKY RIZKI DARMAWAN, RATRI INDAH SEPTIANA

Garis Pantai Pink.


saya buru-buru mengisi baterai kamera yang sudah habis. Setelah 2 hari tanpa sinyal, akhirnya saya dapat berkomunikasi dengan dunia luar, karena Pulau Kanawa berjarak cukup dekat dengan pusat kota Labuan Bajo. Di Pulau Kanawa terdapat area di atas bukit yang menjadi lokasi favorit para fotografer

untuk mengabadikan matahari tenggelam sambil menikmati laut Nusa Tenggara yang indah. Desiran angin laut yang menerpa wajah sungguh merupakan kenikmatan tersendiri. Tak terasa hari sudah semakin sore, namun decak kagum tak hentinya terucap atas suguhan pemandangan alam yang indah ini.

37 JULY / 2012


Pesawat Jakarta-Labuan Bajo (Merpati, Lion Air) atau Jakarta-Denpasar-Labuan Bajo. Sailing Tour Lombok-Labuan Bajo, dilanjutkan kapal ke Pulau Komodo. Paket Tur Sailing Komodo (2D1N) Lost in Flores (Ovas: 0821 460 94747) Sebaiknya dilakukan dengan jumlah peserta hingga 20 orang sehingga biaya sewa dapat lebih murah.

M

emang benar ucapan orang, semakin menjelajah Indonesia Waecicu Beach Hotelalamnya semakin bagian Timur,Eden pemandangan Pantai Waecicu Labuan Bajo indah. Sudah saya-buktikan ketika mengunjungi Kec.Bajo Komodo FloresKomodo di Provinsi Nusa Labuan dan -Pulau W: www.waecicu.com Tenggara Timur. Mulai Rp 300.000/malam

Labuan Bajo merupakan tempat persinggahan awal saya dari beberapa tujuan wisata yang akan dikunjungi. Pertama, saya memutuskan Tiket PP DPS – sebuah gua di bukit batu untuk mengunjungi Labuan Bajoyang (lowest price) dengan namaRp 1.400.000 dekat bandara dikenal Batu Airport Tax Rp 40.000 Cermin. Namanya didapat dari sinar matahari di Labuan yangMakan masuksiang ke dalam guaBajo melalui lubang Rp dan 15.000 Sailing Tour Komodo Rp 1.600.000 kemudian memantul ke dinding batu, seolah-olah HTM Batu Cermin Rp 5.000 mere eksikan cahaya seperti sebuah cermin. Gua Angkot Bandaraini memiliki banyak Batu Cermin (per lorong mobil) dan dipenuhi dengan Rp 200.000 stalagtit danHotel stalagmit. Saya juga menemukan Waecicu Rp 300.000 fosil terumbu karang dan penyu yang memperkuat dugaan bahwa gua ini merupakan bagian palung Total Rp 3.560.000 laut di masa lampau. JULY / 2012

38


cou ple spo t

A Romantic Dinner Can’t Be Any Better

K

etika Anda memutuskan untuk berbulan madu ke Bangkok, pastikan Anda dan pasangan mengunjungi Sirroco Restaurant, sebuah tempat dengan pemandangan luas tanpa batas ke kota Bangkok. You’ll be mesmerized!

Lantai kayu, lampu-lampu, serta dekorasi yang terdapat di Sirroco Restaurant ini terasa sederhana dan simply stunning! Area bar dibuat sangat menarik dengan bar berbentuk lingkaran yang dihiasi dengan lampu neon yang mencolok.

Sirroco Restaurant ini memang sudah terkenal di penjuru dunia karena lokasinya. Bertempat di lantai 63 Lebua Hotel, yang merupakan salah satu gedung tertinggi di kota ini, Anda dan pasangan dapat melemparkan pandangan ke segala penjuru sudut kota Bangkok, mulai dari lampu-lampu yang ada di jalan raya dan lampu-lampu gedung akan menemani makan malam Anda bersama pasangan.

Ditemani dengan alunan live jazz music, pilihan menu makanan dan minuman yang menggoda perut, pemandangan gemerlap kota Bangkok, serta sungai Chao Phraya, dipastikan makan malam romantis Anda bersama pasangan akan terasa sangat sempurna.

Interior yang diaplikasikan oleh restoran memberikan atmosfir yang intim dan hangat.

JULY / 2012

40

Sirroco Restaurant The Dome at Lebua Hotel Siloam Road, Bangkrak, Bangkok – Thailand T: +66 2624 9555 W: www.lebua.com

18.00 - 01.00

Mulai dari 12USD

TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: DOK. LEBUA HOTEL

Beratapkan bintang dan dikelilingi indahnya lampu-lampu kota Bangkok di malam hari, inilah makan malam terindah Anda dengan pasangan.


41 MAY / 2012


logb ook : stay

Intimate Concrete Shell Di balik tembok yang terlihat kokoh terdapat sebuah kehangatan yang siap menyambut Anda.

T

he Waterhouse Hotel merupakan sebuah boutique hotel yang menawarkan sebuah kehangatan yang berbeda dengan desain kontemporer dan unik. Mengangkat gaya kontemporer sengaja dipilih oleh pemiliknya untuk mengangkat street culture Kota Shanghai. Berlokasi di Timur daerah kota tua Shanghai yang merupakan distrik pelabuhan dan perdagangan membuat The Waterhouse Hotel ini memiliki pemandangan yang tidak biasa. Bayangkan saja bagaimana rasanya melihat kegiatan perdagangan yang terjadi di sini pada tahun 1800-an, itulah suasana yang bisa didapatkan ketika Anda menginap di sini. Hotel ini memiliki bangunan yang tidak terlalu besar seperti hotel pada umumnya,

JULY / 2012

42

hanya 19 kamar dengan konsep minimalis dan kontemporer. Para tamu akan mendapatkan kenyamanan serta keramahan yang dimiliki para pegawai hotel. Para tamu dapat merasakan sebuah perasaan yang menyenangkan ketika mereka membuka mata di pagi hari dan mendapati sebuah pemandangan yang jarang didapatkan dimanapun. Sisi lain dari gemerlap kota Shanghai, dan melihat luas tanpa batas ke arah pelabuhan dengan kegiatannya. Uniknya, walaupun The Waterhouse Front nampak menonjol diantara bangunan yang ada di daerah ini, hotel ini tetap terlihat selaras dan cocok berada di lingkungan kota tua ini.


TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: DOK. DESIGN HOTEL

Restaurant Pool Bar Swimming Pool Spa Dream Maker Tailor made Evening Turndown Service In-Room Check In In-Room Entertainment Excursion Trips Bicycle Rental Library & Business Centre Private Airport Transfer International Newspaper

The Waterhouse Hotel No. 1 Building 3, Maojiayuan Road, Huangu. Shanghai, Cina. E: res@designhotels.com W: www.designhotels.com

Mulai 220 USD per malam

43 JULY / 2012


logb ook : sho p

Bike with Style Toko yang menjual perlengkapan untuk bersepeda mungkin sudah banyak, tapi bagaimana dengan toko yang bisa membuat pesepeda menjadi makin bergaya?

JULY / 2012

44

S

aat ini, bersepeda sudah mulai menjadi gaya hidup bagi kebanyakan orang. Bersepeda bukan lagi dianggap sebagai imej tidak mampu beli kendaraan bermotor, tapi berubah menjadi tren kegiatan yang sehat dan mendukung hidup ramah lingkungan di tengah lingkungan semakin penuh dengan kendaraan bermotor. Apalagi dengan semakin banyaknya lokasi Car Free Day di tengah kota, keberadaan pesepeda kini mulai sering kita jumpai. Tidak hanya untuk berolah raga atau refreshing, namun sepeda juga digunakan untuk berangkat ke kantor, keliling kampus, bahkan konvoi ke mal! Berawal dari hobi bersepeda inilah Ceklist hadir dengan gagasan seru untuk para pesepeda. Pesepeda bukan hanya bisa melintasi jalanan sambil berkeringat, namun juga bisa menunjukkan ketertarikan mereka terhadap olah raga yang satu


TEKS & FOTO: DWINDA NAFISAH

ini melalui pakaian yang mereka pakai sehari-hari. Yup, Ceklist menyediakan berbagai perlengkapan fashion dengan tema sepeda dalam produknya. Mulai dari kaos untuk anak-anak sampai jaket untuk orang dewasa, motif-motif yang digunakan adalah motif yang berhubungan dengan kegiatan bersepeda. Lewat kaos yang didesain khusus oleh Ceklist, pesepeda pun bisa turut untuk mengkampanyekan kegiatan hidup ramah lingkungan dan asyiknya bersepeda karena banyak pula produk Ceklist yang menghadirkan tema-tema menjaga lingkungan hidup melalui bersepeda. Coba tengok saja T-shirt dalam jajaran men’s apparel yang bertuliskan “It’s Good To Be Green“ yang pastinya akan membuat kita semakin bangga bisa membuat perubahan terhadap lingkungan dengan menggowes sepeda. Produk fashion Ceklist meliputi men’s apparel, women’s T-shirt, dan kid’s apparel. Selain kaos dan jaket, Ceklist juga menyediakan aksesoris sepeda seperti ransel dan lampu belakang sepeda. Produk yang sebagian besar dibuat oleh Ceklist sendiri ini dibanderol mulai dari Rp 65.000-300.000. Uniknya, selain menyediakan jejeran parkiran khusus sepeda di depan toko, Ceklist juga memberikan diskon khusus untuk pembeli yang datang dengan menggunakan sepeda! Mulai 15 Juli 2012, Ceklist juga akan mengadakan workshop setiap minggu bersama dengan komunitaskomunitas sepeda yang memang sering berkumpul di Ceklist.

CEKLIST STORE (CKS) Jl. Pelajar Pejuang 45 No.83 Bandung T: +62 812 1467 9997 W: www.cks.asia Twitter: @ckscloth FB: www.facebook.com/cks.cloth 10.00-20.00 (Senin-Sabtu) 08.00-18.00 (Minggu)

45

JULY / 2012


logb ook : dine

Warm at Heart!

“Nggak perlu nabung buat makan sushi enak�, nikmati menu lezat dan keramahan Rumah Sushi.

B

Dengan modal uang yang tidak begitu besar pada awalnya, mereka bertekad untuk menjadikan usaha mereka ini sebagai sebuah kegiatan untuk mewujudkan kesejahteraan bersama yang dilandasi dengan rasa syukur dan perjuangan. Mungkin tekad mereka itulah yang membuat usaha mereka sukses seperti sekarang ini, terbukti dengan keberhasilan membuka 6 cabang di Jakarta. Suasana Rumah Sushi yang begitu bersahabat timbul dari aura para pegawainya yang memang murah senyum dan hangat menyambut setiap tamu yang datang. Rumah Sushi memiliki tempat yang tidak begitu luas di semua cabangnya, namun mungkin itu yang membuat tempat ini unik. Meja dan kursi panjang yang terbuat dari kayu setia menemani Anda merasakan hidangan lezat yang tersedia di sini. JULY / 2012

46

TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: DOK. RUMAH SUSHI

erawal dari visi yang sederhana, empat mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta memutuskan untuk membuat sebuah kedai makanan yang menyuguhkan berbagai macam menu sushi.


Ketika ditanya soal konsep, para owner mengatakan bahwa mereka masih berproses mengenai konsep Rumah Sushi yang sebenarnya. Rumah Sushi ingin menyuguhkan sushi yang sesuai dengan selera lokal. Walaupun sampai saat ini mereka masih menggunakan bahan-bahan impor sebagai bahan dasar sushi mereka, tapi Rumah Sushi tidak melupakan karakter unik mereka. Tomodachi Roll merupakan salah satu menu andalan Rumah Sushi, sushi goreng yang berisi kani dan melting cheese ditabur dengan crispy shred lalu disiram dengan home-made mayo Rumah Sushi. Menu ini memang sangat menggoda, tidak heran kalau ini adalah menu mereka yang sering dipesan para tamu. Beberapa menu andalan mereka yang juga sering dipesan oleh para tamu yang datang adalah Little Monster, Salmon Flamming, Black Jack, dan menu terbaru mereka yaitu Daredevil.

Rumah Sushi Jl. Adityawarman 71, Blok M Jakarta Selatan W: www.rumahsushi.wordpress.com E: rumah.sushi@yahoo.com Twitter: @RumahSushi T: +62 21 988 22900 (outlet), 933 44700 (catering) Makanan Rp. 12000 - Rp. 37000 Minuman Rp. 5000 – Rp 20000

16.00 - 23.00

Lezatnya sushi dan keramahan pegawainya serta banyak promo menarik.

47 JULY / 2012


uniq ue lodg e

Sleepdrive, Not Sleepwalk! Hotel eksklusif dengan tema unik yang akan membuat gila pecinta otomotif.

N

ostalgia, seni, dan otomotif adalah tema utama yang menghiasi hotel di Stuttgart, Jerman ini. Sebagian orang tidak akan menyangka bahwa area V8 Hotel dulunya adalah bandara beserta gedung dan menara pengawasnya. Dengan mempertahankan desain arsitektur bergaya Bauhaus, suasana vintage tahun 20-an tidak tenggelam di antara restorasi, fasilitas modern dan dekorasi berbagai warna dan konsep. Kamar terbesar di V8 Hotel adalah Zeppelin Suite yang menempati bangunan menara bandara dan menyediakan pemandangan ke seluruh kompleks bandara tersebut. Sebuah teras privat di atap menjadi tempat yang tepat untuk menikmati matahari tenggelam. JULY / 2012

48


TEKS: CITA ARSITA FARANI FOTO: FRANK HOPPE LICHTBILDER UND PRĂ„SENTATION

Kamar-kamar lainnya memiliki tema dan dekorasi masing-masing, pastinya tetap berhubungan dengan otomotif, yang membuat tamu tidak akan bosan meskipun sudah datang berkali-kali ke hotel ini. Detailnya diperhatikan dengan sangat baik hingga ke kamar mandi. Sebagian besar kamar di sini memiliki tempat tidur yang berbentuk mobil klasik. Beberapa mungkin terkesan anything goes, namun di situlah uniknya! Lihat saja kamar dengan nuansa drive-in-cinema, lengkap dengan mural mobil pengunjung lain dan langit malam berbintang di dinding dan langitlangitnya. Atau sebuah kamar dengan headboard menyerupai dua sikat mobil di carwash dan memiliki rain shower di kamar mandinya. Temukan suasana bengkel di kamar lain, dengan dua kaki yang menjulur dari bawah tempat tidur Anda dan meja yang dihiasi perlengkapan sang pemilik bengkel. Pengalaman yang sedikit berbeda dapat ditemukan di beberapa kamar yang memiliki mural pemandangan alam, sehingga Anda akan merasa seperti sedang berkemah. Di antara berbagai fasilitas yang ditawarkan, sebagai hotel yang ditujukan untuk pecinta otomotif, V8 Hotel juga menyediakan Trading Hall yang berisi mobil-mobil klasik dan Museum Tour ke tempat-tempat seperti Mercedes-Benz Museum dan Porsche Museum.

Wellness Center Vintage Shuttle Service Breakfast Buet Bakery Brewery Restaurant Museum Tour Historic Bus Tour Function Hall

V8 Hotel Graf Zeppelin Platz 71034 BĂśblingen, Jerman T: +49 (0)7031-3069880 F: +49 (0)7031-306988888 E: info@v8hotel.de W: www.v8hotel.de

Mulai

130 Euro per malam

49 JULY / 2012


advent ure

BERBURU MONYET NERAKA

Inilah tempat anda dapat melihat monyet dengan ekspresi seperti manusia saat mereka berendam dengan nikmat di air panas

JULY / 2012

50


51 JULY / 2012


N

ama Hell Valley atau Lembah Neraka dipastikan bikin bergidik siapa pun yang mendengarnya. Jigokudani adalah bahasa lokal warga Nagano, Jepang untuk menyebut istilah Lembah Neraka ini. Tapi mengunjungi daerah bernama angker ini ternyata tak seseram bayangan saya. Cuaca di penghujung musim gugur punya cara sendiri untuk menyambut saya di Jigokudani. Sinar temaram sepanjang siang membuat lokasi Lembah Neraka ini tampak misterius. Di lokasi ini, menurut pemandu, saya tak akan melihat pusat letupan lahar yang panas atau hal lain yang berhubungan dengan gambaran neraka, tapi justru akan melihat monyet-monyet liar. Monyet? Betul! Nama Jigokudani ternyata dikenal luas oleh para wisatawan lokal maupun asing sebagai objek wisata snow monkey atau monyet salju. Konon pada saat Olimpiade musim dingin tahun 1998 di Nagano, para monyet salju penghuni Lembah Neraka ini sempat mencuri perhatian para turis mancanegara. JULY / 2012

52

Lalu, apa bedanya monyet-monyet ini dengan monyet lainnya di Indonesia? Rasa penasaran itu saya bawa menyusuri hutan kecil untuk menuju Jigokudani. Bus yang saya tumpangi hanya berhenti hingga pelataran parkir dan selanjutnya saya harus trekking selama 30 menit di ambang turunnya salju. Saya melewati hutan-hutan pinus yang sunyi sambil sesekali saya bertemu dengan turis-turis lokal yang kebanyakan sudah berusia lanjut. Sebagai anak muda, saya agak malu juga karena para manula Jepang ini masih terlihat segar bugar sambil menyapa saya dengan senyum. Sementara saya hanya bisa membalasnya dengan nafas ngos-ngosan. Trek menuju Jigokudani memang tidak berat, tapi tetap saja butuh persiapan ďŹ sik. Dengan jalan menyusur hutan dan agak menanjak, akan terasa berat bagi siapa pun yang malas olah raga. Sepanjang trek, saya bisa menikmati asrinya alam


sekitar yang berupa hutan. Dan tak ketinggalan, nyanyian para burung di hutan tentunya! Tak lama, saya mulai melihat sungai yang mengepulkan asap. Jalurnya membelah bukit yang trek-nya semakin membuat saya semakin ngosngosan. Sungai Yokoyu, dikenal sebagai sungai yang “menghidupi� Jigokudani karena aliran air panas alaminya. Memasuki Jigokudani, saya baru mengerti arti sebenarnya mengapa warga lokal menjulukinya dengan nama seram, Lembah Neraka. Dinding-dinding batu kokoh yang diselingi limpahan air panas Yokoyu menimbulkan efek asap yang mengepul di celah-celah tebing. Suasana mistis, itulah kesan yang terbentuk dalam benak saya. Di antara kabut mistis Yokoyu, sosok-sosok mungil berbulu mulai terlihat berlompatan dan berlarian. Itulah snow monkey!

Monyet-monyet Jepang yang melegenda itu mulai memenuhi pandangan saya. Mereka ada di manamana merajai kawasan lembah ini. Sebagian sedang berendam, sebagian lagi berlompatan menuruni dinding batu. Monyet salju, meski sepintas terlihat mirip dengan monyet-monyet lain yang sering saya jumpai di Jawa, ternyata memiliki beberapa perbedaan khas. Para penghuni Lembah Neraka ini dikenal dengan jenis monyet Japanese Macaca. Penelitian membuktikan bahwa mereka ini adalah monyet yang menghuni bagian bumi paling Utara. Selain kebal terhadap udara dingin, Macaca memiliki wajah yang berwarna kemerahan. Karena kerap bersembunyi di balik salju, mereka sering kali muncul di depan orang dengan butiran salju di tubuhnya. Dari situlah kemudian julukan snow monkey tercipta.

53

JULY / 2012


JULY / 2012

54


QUICK!FACTS Macaca sangat memperhatikan umur, kekuatan dan senioritas di kumpulan mereka.

Tokyo Station -> Shinkansen ASAMA ke Kota Nagano (7.970 JPY) Nagano Dentecu Line ke Yudanaka Station (1.130 JPY) Bus ke Kanbayashi (210 JPY) Jalan ke Jigokudani (HTM: 250 JPY).

Tahun 1964, Jigokudani sudah menarik perhatian warga Jepang karena di sinilah satu-satunya terdapat monyet yang memiliki kebiasaan untuk onsen (berendam di air panas alami). Selain turis, banyak peneliti dan fotografer yang tergoda datang kemari untuk mempelajari tingkah laku dan memotret aksi para monyet ini.

TEKS & FOTO: YUDASMORO

Saya mulai bisa membedakan mana monyet yang termasuk “warga” biasa dengan monyet yang mungkin adalah “kepala suku” mereka. Sang “kepala suku” ini bertubuh paling besar di antara yang lain dan terlihat lebih galak dan ditakuti oleh rekan-rekan lainnya. Tak heran terkadang si kepala suku ini mengejar monyetmonyet lain yang bertubuh lebih kecil. Tapi tak seorang pengunjung pun yang diganggu oleh monyet-monyet liar ini. Uniknya, sebelum memakan buah-buahan hasil buruan mereka, ternyata Macaca selalu mencuci bersih makanannya. Para penghuni neraka ini cukup peduli dengan masalah kebersihan. Pengunjung Lembah Neraka juga tak diizinkan memberi makan atau apa pun pada Macaca. Selain dikhawatirkan akan membahayakan jiwa mereka, insting alami berburu pun ditakutkan akan memudar. Penghuni Lembah Neraka memang tak boleh dimanja!

Uotoshi Ryokan 2563, sano, yamanouchi-town shimo-takai-gun Nagano 381-0402 T: (0269) 33-1215 E: miyasaka@avis.ne.jp W: www.avis.ne.jp/~miyasaka Informasi penginapan dekat Jigokudani jarang yang berbahasa Inggris. Coba situs www.yudanaka-shibuonsen.com untuk reservasi ryokan dengan mudah.

Musim dingin (Desember-Februari) adalah saat tepat mengunjungi Jigokudani karena monyetmonyet akan bermunculan dengan salju bertaburan di tubuhnya.

Notes: Tidak disarankan untuk membawa makanan kecil atau minuman. Kenakan sepatu trekking untuk menuju lokasi. Jangan mengganggu atau menakut-nakuti monyet karena akan berbahaya bagi kita sendiri.

/ 2012 55 55JULYJULY/ 2012


4

edit or’s list

Free Attractions in

MACAU JULY / 2012

56


Dragon’s Treasure P

ertunjukan multimedia yang juga dikenal sebagai The Bubble ini menjadi kebanggaan City of Dreams ini dapat disaksikan oleh siapapun tanpa biaya. Anda cukup meminta tiket di dekat pintu masuknya sesuai jam yang Anda inginkan dan menunggu hingga waktunya Anda masuk. Keseluruhan pertunjukan berlangsung selama 10 menit di dalam kubah tertutup. Sebagai pembuka, Anda akan menyaksikan sejumlah ornamen menggantung seperti ubur-ubur dan air terjun yang menari-nari di atas. Barulah Anda akan masuk ke cerita Mutiara Naga dengan kekuatan misterius yang akan membawa Anda ke petualangan dengan visual dan suara yang dahsyat, mulai bawah laut hingga volkano, menemui keempat raja naga.

Jam pertunjukan: 12.00-18.00 (tiap 30 menit), 19.00-22.00 (tiap jam)

City of Dreams

Estrada do Istmo, Cotai, Macau T: (853) 8868 6688 E: contactcentre@melco-crown.com W: www.cityofdreamsmacau.com

57 JULY / 2012


Performance Lake epat di depan Wynn Macau, sebuah kolam mereeksikan cahaya warna-warni dari gedung-gedung di seberangnya, menjadikannya tempat berfoto yang indah. Namun bukan itu atraksi utamanya, melainkan air mancur menari yang ditemani cahaya lampu yang indah diiringi musik dari yang klasik, populer, hingga dari pertunjukan di Broadway. Atraksi berbagai elemen mulai dari api, warna, air, dan iluminasi ini didukung oleh 200 titik air, shooters, dan kolam yang dapat menampung 800.000 galon air. Jangan berdiri di depan jika tidak ingin basah, apalagi jika angin sedang bertiup ke arah Anda!

JULY / 2012

58

Jam pertunjukan: 11.00-24.00 (tiap 15 menit)

Wynn Macau

Rua Cidade de Sintra, NAPE, Macau T: (853) 2888 9966 F: (853) 2832 9966 E: inquiries@wynnmacau.com W: www.wynnmacau.com

TEKS & FOTO: ESKA K.T.

T


Tree of Prosperity & Dragon of Fortune M

asih di Wynn Macau, jika Anda masuk dari pintu belakang, Anda akan menemukan sebuah area melingkar yang dibatasi pagar. Di tengahnya, ada kubah tertutup di lantai dan langitlangit dengan ornamen cantik penuh detail yang menggambarkan ke-12 shio. Tempat ini menjadi lokasi 2 pertunjukan secara bergantian. Yang pertama adalah Tree of Prosperity, pohon dari emas 24 karat dengan 2.000 cabang pohon dan 98.000 lembar daun yang keluar dari kubah dan ditemani chandelier dari langit-langit. Sementara pada Dragon of Fortune, alih-alih pohon, yang keluar dari kubah adalah naga dengan ketinggian 28 kaki, ditemani visual dari layar LED pengganti chandelier Biasanya orang akan ramai berkerumun paling depan, jadi Anda harus datang lebih awal jika ingin mengambil foto atau merekam tanpa halangan.

Jam pertunjukan Tree of Prosperity: 10.00-02.00 (jeda waktu 30 menit)

Jam pertunjukan Dragon of Fortune: 10.00-02.00 (jeda waktu 30 menit)

59

JULY / 2012


Butterfly Pavilion D

i area Grande Praça, berdiri sebuah kubah Buttery Pavilion tempat lebih dari hampir 1.000 kupu-kupu berkeliaran bebas. Total terdapat lebih dari 130 spesies dari Malaysia, Amerika Selatan, Afrika, dan Cina. Kubah yang didesain oleh Stephen Stefanou dengan struktur batang pepohonan meliuk karya Tom Hare memberikan nuansa alam modern. Jumlah orang di dalam dibatasi untuk menjaga kenyamanan. Kupu-kupu yang ada hinggap di mana saja mereka mau, mulai dari bunga yang ada, buah-buahan tempat mereka makan, bahkan jika Anda beruntung, kupu-kupu tersebut akan hinggap di tangan Anda! Hati-hati jangan sampai menginjak kupu-kupu yang sering hinggap di lantai. Di luar kubah, menggantung sejumlah kupu-kupu raksasa dari kaca sintesis di samping ketiga pohon baja karya Stefano. Anda juga dapat melihat sendiri tempat inkubasi pupa dari luar.

JUNE / 2012 JULY

60

Jam buka: 10.00-22.00 (hingga Oktober 2012)

MGM Macau

Avenida Dr. Sun Yat Sen, NAPE, Macau T: (853) 8802 8888 W: www.mgmmacau.com


tech gee k

Rp 2.P8RICE: 88.00 (outle t resm 0 i Moto

Meet the Survivor

rola)

Ponsel yang mampu memenuhi ekpektasi Anda yang aktif.

B

TEKS: CITA ARSITA FARANI

agi mereka yang senang bertualang dan menelusuri alam, Motorola DEFY XT akan setia menemani tanpa menjadi beban pikiran. Ponsel berbasis Android 2.3 Gingerbread ini tahan air, anti gores, dan anti debu serta menggunakan baterai berukuran sebesar 1700mAh untuk usia baterai yang lebih lama. Terhitung waktu bicaranya sekitar 9,5 jam sementara waktu siaganya bisa mencapai 20 hari. Anda akan tetap terhibur dan mendapatkan informasi terkini sepanjang hari maupun malam.

Layar sentuh kapasitif Gorilla Corning Glass berukuran 3,7 inci mendukung aktivitas Anda dengan ketahanannya yang tinggi. Terdapat dua kamera, resolusi 5 MP dengan flash di bagian belakang dan VGA di depan. Anda dapat segera berbagi petualangan tanpa henti dengan semua teman-teman Anda berkat desain antarmuka yang intuitif dengan bermacam widget media sosial maupun aktivitas lainnya, apalagi terhubung

langsung dengan Google Play yang memiliki lebih dari 500.000 permainan, aplikasi, musik, buku, dan film. Salah satu keunggulan Motorola DEFY XT adalah fitur MotoSwitch, yaitu antarmuka yang mempelajari lagu favorit, siapa yang paling sering Anda hubungi, dan aplikasi yang paling sering digunakan. Dengan menyimpan semua preferensi ini, MotoSwitch membantu Anda menjadi lebih terorganisir dengan akses yang lebih cepat, apalagi saat Anda tidak memiliki banyak waktu. Dengan MicroSD 2GB, prosesor 1GHz dan 512MB RAM, fitur-fitur dan aplikasi yang Anda gunakan akan berjalan dengan nyaman dan lancar tanpa perlu menguras dompet. Selain Motorola DEFY XT, seri lain yang juga tahan air, anti gores, dan anti debu adalah Motorola DEFY+ dan Motorola DEFY MINI.

61

JULY / 2012


gamees & list gam & list enen

D

Kesatria yang tidak berhenti berlari hingga tenaganya habis.

Rating:

FREE

emi menyelamatkan Princess dari cengkeraman Black Knight, Wind-up Knight terus berlari menelusuri dunia medieval dan melawan musuh yang menghadang. Sekilas, permainannya mirip dengan Mario Bros, namun dengan satu hal yang membuat semuanya berbeda: karakter Anda tidak bisa berhenti berlari. Bahkan, saat dia berhenti berarti tenaganya habis dan Anda gagal melewati level tersebut. Sidescrolling action ini memiliki sejumlah tombol di layar yang bisa Anda sentuh untuk melakukan

aksi seperti berguling, lompat, menyerang, hingga mengeluarkan perisai. Hanya ada satu kesempatan, gagal menghindari rintangan atau membunuh musuh berarti Anda harus mengulang level dari awal. Ya, permainan ini akan memaksa Anda mengulang berkali-kali sambil menghafalkan rintangan dan tindakan yang harus Anda ambil pada waktu yang tepat. Sebagai pelengkap, Anda dapat mengumpulkan kartu rahasia dan membeli pakaian di toko untuk mengubah penampilan anda.

Android, iPod Touch, iPad, iPhone The Idler Wheel... Artis: Fiona Apple Rilis: 2012

I Fiona Apple kembali dengan musik menghantui yang khas.

Rating:

JULY / 2012

62

nilah akhir penantian selama 7 tahun dari album terakhir penyanyi nyentrik ini. “The Idler Wheel…” terasa kelam, sepi sekaligus kaya, lengkap dengan musik yang terkadang minim dan ‘racauan’ berkesan tribal khas Fiona Apple. Single utamanya “Every Single Night” memiliki nuansa yang sedikit menyeramkan dengan sentuhan anak-anak dari suara kotak musik yang menghiasinya. Track kedua yang berjudul

“Daredevil” diisi musik yang lebih ramai dengan permainan piano dan perkusi yang terus menerus. “Jonathan” mungkin merupakan lagu yang paling kontroversial karena mengambil subjek mantan pacarnya sendiri, Jonathan Ames. Secara keseluruhan, album ini berisi pesan bahwa retaknya suatu hubungan tidak mungkin hanya disebabkan satu pihak, melainkan keduanya. Sudut pandang yang dewasa, seperti halnya album ini.


sce ne & read

Brave Sutradara: Mark Andrews, Brenda Chapman Pemain: Kelly Macdonald, Billy Connolly, Emma Thompson Durasi: 100 menit

D

i daratan Skotlandia pada abad ke-10, Mireda merasa terkekang oleh sikap sang ratu, ibunya yang selalu mendidiknya keras untuk menjadi seorang putri yang baik. Padahal Mireda yang keras kepala dan ahli memanah sangat senang bertualang dan belum mau menerima semua tanggung jawabnya. Puncaknya adalah saat ibunya berniat menikahkannya sesuai tradisi. Ia pun kabur dan tidak sengaja bertemu dengan

seorang penyihir yang bisa mengabulkan permintaannya. Namun yang ia dapatkan justru sebuah kutukan yang mungkin akan merebut ibunya selamanya. Meskipun film ini terasa lebih dewasa dan gelap dibanding karya Pixar yang lain, tema fairy tale yang pertama kalinya diangkat oleh Pixar cenderung sederhana dan terasa ditujukan untuk anak-anak.

Jakarta - Panduan Wisata Tanpa Mal Pengarang: Wieke Dwiharti, Ade Mulyani Harga: Rp 98.000 Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (GPU)

TEKS: CITA ARSITA FARANI

T

idak bisa disalahkan jika orang menyebut Jakarta sebagai “kota mal�. Namun bukan berarti ibukota Indonesia ini tidak memiliki daya tarik dan destinasi wisata selain pusat perbelanjaan yang bisa dikunjungi baik di hari libur maupun hari biasa. Dalam buku ini, Anda akan menemukan panduan lengkap ke setiap sudut Jakarta dan sekitarnya yang sudah terbagi dalam kategori menarik, mulai dari napak tilas sejarah kota

dan negara, rekreasi alam seperti taman kota dan lokasi ekowisata, hingga ke minat khusus seperti Museum Telekomunikasi dan Museum Polri. Warga Jakarta sekalipun belum tentu tahu mengenai semua objek wisata yang ada di sini! Masing-masing dilengkapi dengan lokasi, harga tiket masuk, dan jam buka. Halaman-halamannya yang penuh warna membuatnya semakin informatif dan menarik.

63

JULY / 2012


travel note s

Sisi Lain Candi

BOROBUDUR Bukan cuma menambah koleksi foto saja, banyak hal yang bisa dilakukan di Borobudur.

JULY JULY//2012 2012

64


65

JULY / 2012


A

pa kenangan yang Anda ingat saat berwisata ke Candi Borobudur? Kemungkinan besar jawabannya tipikal. Datang, mengitari candi, berfoto, menghindari pedagang asongan yang agresif lantas pulang. Anda lantas balik bertanya, “Memangnya mau ngapain lagi di Borobudur?â€? Jangan salah, selain memiliki candi Buddha terbesar di dunia, Kecamatan Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang ini juga memiliki banyak potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Jika ingin puas mengeksplorasi desa-desa sekitar Candi Borobudur, saya sarankan untuk menginap di Kampung Homestay Bumisegoro. Sejak tahun 2009, desa tua yang terletak di belakang kompleks Candi Borobudur ini masuk dalam desa tujuan wisata yang digulirkan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Desa lewat Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Desa Bumisegoro tidak dapat dilepaskan dari sejarah Candi Borobudur. Di desa inilah H.C. Cornelius, seorang insinyur Belanda utusan Gubernur Jenderal Thomas Raes, pertama JULY / 2012

66

kali menemukan candi besar yang sebagian bangunannya terkubur di atas Bukit Borobudur. Sepanjang mata memandang, Anda akan disuguhi hijaunya deretan perbukitan, areal persawahan luas, para petani yang sibuk bekerja, dan keindahan puncak stupa Candi Borobudur. Di desa ini terdapat sekitar 33 rumah yang dijadikan homestay, per malam mulai dari Rp 120.000 saja. Walaupun terkesan sederhana, rata-rata terjaga kebersihan kamar mandi dan kamar tidurnya. Karena tinggal dalam satu rumah, Anda wajib membaur dengan pemilik homestay. Saya bersama dua orang kawan asal Jakarta dan New York menginap di homestay Kemuning milik Bapak Munawir bersama istrinya yang begitu ramah menyambut kami. Seperti inilah suasana asli pedesaan yang tenang, ramah, hangat, dan bersahabat. Anda bisa minta tolong pemilik homestay dicarikan sewa motor agar leluasa mengelilingi desadesa tua di sekitar Bumisegoro. Biayanya cukup murah, hanya Rp 25.000-30.000. Sementara itu, perbukitan Menoreh memiliki beberapa spot favorit bagi pecinta sunrise dan fotograďŹ . Selain Puncak


Suroloyo, Punthuk Setumbu juga bisa dijadikan pilihan. Menahan kantuk dan dingin, pukul empat pagi kami berangkat menuju Punthuk Setumbu. Bukit yang berada di Desa Karangrejo hanya berjarak 2 km dari Bumisegoro. Setelah memarkir kendaraan, kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang cukup terjal ke puncak bukit selama kurang lebih 25 menit. Kami kurang beruntung pagi itu, cuaca mendung dan kabut cukup tebal. Namun tak ada penyesalan sama sekali saat cahaya matahari mulai muncul sedikit dari balik awan. Sebuah pemandangan spektakuler terhampar di depan mata. Candi Borobudur terlihat di antara rimbunnya pepohonan dan kabut. Resapi panorama itu, rasanya seperti masuk dalam mesin waktu dan mundur ke beberapa abad lalu. Truly magical! Desa Klipoh merupakan sentra pembuatan gerabah di Kabupaten Magelang. Tak heran jika sejak pagi Anda dapat menyaksikan aktivitas warga yang sibuk memutar perbot yang berfungsi untuk membentuk tanah liat menjadi gerabah.

67 JULY / 2012


JULY / 2012

68


Tiap rumah rata-rata juga memiliki gubuk penuh jerami yang dipakai untuk membakar gerabah setelah melalui proses penjemuran. Tidak ada alatalat modern, semuanya tradisional. Di Workshop Gerabah Arum Art milik Bapak Supoyo, Anda bisa belajar membuat gerabah dengan bermacam-macam bentuk seperti asbak, mangkok, ataupun miniatur candi. Walaupun terlihat mudah, ternyata membuat gerabah memang butuh teknik khusus. Meski gagal bergaya luwes seperti Demi Moore di film “Ghost”, tapi tentu Anda akan merasa bangga melihat gerabah buatan sendiri! Setelah belajar membuat gerabah, berikan tip sekitar Rp 10.000-15.000 untuk pelatih Anda. Jika menginap, gerabah bisa diambil di hari berikutnya tanpa perlu membayar lagi. Jika tidak, minta saja untuk dikirim ke alamat Anda dengan membayar biaya kirim. Tak terlalu jauh dari Candi Pawon yang letaknya tepat di sumbu garis penghubung Candi Mendut dan Candi Borobudur, Anda bisa mampir ke Kriya Rik Rok di Desa Wanurejo. Mungkin inilah salah satu

tempat pembuatan cinderamata khas pedesaan Borobudur. Asal tahu saja, dari 120 jenis kerajinan yang dijual oleh para pedagang di kompleks wisata Candi Borobudur, hanya ada 6 kerajinan yang merupakan karya asli dari penduduk sekitar. Berbagai cinderamata unik seperti gantungan kunci, bolpoin, serta mainan dan patung kayu berukuran kecil bisa Anda dapatkan di sini. Tapi yang paling khas adalah ‘pensil gaul’ yang terbuat dari Pohon Nyamplung (Calophyllum inophyllum) serta bahanbahan ramah lingkungan lain seperti sisa akar wangi, pelepah pisang, dan kain perca. Bagian ujung atasnya berhiaskan boneka kecil dengan bermacam karakter, seperti gadis Bali dan gadis Jawa yang terlihat cantik dengan rambut panjang dan kostum warna-warni. Bahkan, cukup dengan membayar Rp 3.000, Anda bisa menghias dan membawa pulang ‘pensil gaul’ kreasi sendiri! Adia Prabowo adia311@gmail.com getaway! menerima cerita perjalananmu. Kirim tulisan sekitar 400 kata dengan foto resolusi tinggi (300px) serta keterangannya ke getawaymagz@gmail.com

69 JULY / 2012


love trib e indo & cult nesure ia

JUNE//2012 JULI 2012

70 70


BETWEEN

THE TIDES Suku pelaut yang bertelapak kaki tangguh yang gemar mengukir kayu putih.

JULY JULI / 2012 71 71 APRIL


P

apua, bagi sebagian orang merupakan terraincognita atau tanah asing tak bertuan. Padahal bila dibagi secara etnografis, Papua tak ubahnya seperti potongan kue besar. Tanahnya habis dibagi-bagi untuk ratusan suku yang entah sejak kapan mendiami Papua. Ada Suku Lani, Dani, dan Yali di sepanjang Lembah Baliem. Ada Suku Amungme di Pegunungan Tengah, Suku Asmat di rawa Agats, ada pula Suku Kamoro yang menguasai daerah hutan bakau di Selatan Timika. Suku Kamoro percaya bahwa nenek moyang mereka datang dari Timur, berlayar menggunakan sampan kayu. Penduduk Kamoro sendiri menyebutnya dengan kole-kole, yaitu sebuah sampan sederhana yang dibuat dari satu batang kayu utuh, mirip lesung padi di Jawa. Setiap lelaki Suku Kamoro yang beranjak dewasa harus melewati upacara sakral membuat kole-kole yang disebut Karapao. Sebagai suku pelaut yang menggantungkan nasib pada bahari, sampan memang komponen penting bagi kehidupan Suku Kamoro. Saya pun mengunjungi Kekwa, sebuah kampung Suku Kamoro di Selatan Mimika. Sebelum masuk JULI / 2012

72

Kekwa, kami harus menyewa sebuah kapal cepat yang bertolak dari Pelabuhan Pomako, menyusur sungai dan menembus rimba bakau yang lebat selama sejam. Beberapa pemuda Kamoro menghampiri, lantas dengan tulus mengantar saya menuju kampung mereka. Letaknya tidak jauh dari bibir Pantai Kekwa yang ajaib, pasirnya hitam legam dan sangat panas, apalagi kami datang tengah hari. Tidak pernah saya rasakan pasir pantai sepanas ini sebelumnya. Akhirnya saya pun terpaksa jalan berjingkat-jingkat tidak karuan untuk menginjak rerumputan atau apa saja yang sanggup meminimalisir rasa panas di ujung kaki. Para pemuda Kamoro yang berbadan tegap tertawa saja melihat tingkah saya. “Memang kalian punya kaki tidak terasa panas?” tanya saya. Salah satu dari mereka menjawab,”Tidak, biasa saja. Malah sejak kecil kami sudah berjalan di atas bara api.” Kampung Kekwa sendiri tidak begitu besar. Hanya terdiri dari puluhan rumah yang berjajar rapi. Di sudut kampung, terdapat sebuah balai panjang dengan 13 pintu yang berfungsi sebagai


pusat upacara adat. Seluruh dindingnya terbuat dari anyaman daun pandan sedangkan atapnya berbalut susunan daun kelapa. Arsitekturnya sangat sederhana, hanya berupa kotak dengan atap miring di satu sisi. Konstruksinya terbuat dari kayu bakau yang banyak terdapat di muara Timika, kolomnya lurus-lurus dan jenjang.

TEKS & FOTO: AYOS PURWOAJI

Seketika saya tertarik dengan dua buah ukiran yang ada di depan rumah panjang. Tiang leluhur Kamoro, disebut juga Biro, merupakan salah satu kesenian tradisional masyarakat Kamoro. Tiang ini wujud penghormatan kepada arwah leluhur pada saat upacara Karapao. Ukiran tersebut dipajang dengan maksud agar leluhur memberikan perlindungan kepada masyarakat Kampung Kekwa. “Kami ini juga suka mengukir kayu, sama seperti suku Asmat,” kata Napilus, mantan kepala desa Kamoro. Selain seni memahat, suku Kamoro juga terkenal akan nyanyian, topeng-topeng roh, dan tariannya yang magis. Sejak dirambah pariwisata, penduduk Kekwa jadi semakin rajin untuk menyimpan stok ukiran di rumahnya. “Barangkali ada pelancong yang ingin membeli,” ujar Napilus. Mereka menjual patungpatung tersebut seharga 100-300 ribu Rupiah, tergantung ukuran. Bahkan ada seorang warga negara asing yang berinisiatif membangun sebuah sanggar kesenian tempat para penduduk leluasa membuat ukiran untuk dipasarkan di Bali dan mancanegara.

Napilaus lalu menunjukkan sebuah patung yang disebut Mbiko, yang berarti sarang setan. Tingginya sekitar 40 cm dan terbuat dari jenis kayu putih. “Kalo Suku Asmat di Agats selalu pakai kayu hitam, kami Suku Kamoro selalu menggunakan kayu putih,” jelas Napilus. Melihat Mbiko saya jadi deja vu. Ingatan saya langsung tertancap pada jenis patung para penduduk Pasifik seperti Fiji atau Vanuatu. Corak patung Mbiko ini memiliki persamaan yang kuat dengan patung-patung Melanesian. Bentuknya yang geometris, garis yang tegas, dan corak dekoratif saya pikir bukanlah sebuah kebetulan. Saya menduga ada hubungan purba antara Suku Kamoro dengan rumpun Melanesia di masa lampau. Sebelum pulang, saya sempatkan diri makan Tambelo, yaitu cacing bakau yang banyak hidup di sekitar rawa Timika. Bentuknya putih, berlendir dan panjangnya sekitar 30 cm. Rasanya mak klenyer. Orang Kamoro sangat suka dengan Tambelo, bagi mereka cacing ini merupakan makanan istimewa dengan kandungan protein yang tinggi. “Baru kali ini saya coba Tambelo,” ujar Hendra, seorang kontraktor asal Depok yang sedang menyelesaikan proyek jalan di dekat perkampungan Kamoro. Saya lihat Hendra sempat bergidik geli, sebelum akhirnya nekat memasukkan Tambelo ke dalam mulut. “Rasanya sedikit manis ya,” kata Hendra.

73

JULI / 2012


love indo nes ia

BANDAR LAMPUNG Bandar Lampung bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai destinasi liburan Anda beserta keluarga atau kerabat. Terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, kota Bandar Lampung dipenuhi dengan beragam obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. . - Yudo

B

andar Lampung dikenal dengan sebutan ‘Kota Gajah’. Wajar saja, karena kota tersebut memiliki Taman Nasional Way Kambas, yaitu sebuah pusat konservasi gajah sekaligus salah satu cagar alam tertua di Indonesia. Harga tiket masuknya Rp 2.500 saja. Tempat ini juga merupakan tempat tinggal para fauna yang hampir punah seperti badak sumatera, harimau sumatera, mentok rimba, dan buaya sepit. Bila Anda beranjak ke bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa, Anda bisa menemukan berbagai jenis burung, mulai dari bangau tongtong, sempidan biru, kuau raja, dan lainnya. Taman Nasional Way Kambas memberikan nuansa Afrika yang terkenal dengan pemandangan alam dan satwa liarnya. Di sini Anda bisa melihat langsung kegagahan gajah-gajah yang berjalan di lahan berumput,kelucuan mereka saat dimandikan JULY / 2012

74

oleh para pawang, dan berbagai macam atraksi yang dilakukan oleh para gajah. Anda pun bisa bersafari menyusuri kawasan taman nasional dengan gajah dan disertai oleh pemandu cukup dengan membayar Rp 150.000. Di sisi lain Bandar Lampung, ada sebuah obyek wisata yang menanti untuk disinggahi, yaitu Pantai Pasir Putih. Seperti namanya, Pantai Pasir Putih memiliki butiran-butiran pasir yang putih dan lembut serta laut berwarna biru kehijauan yang membentang luas hingga ke samudera. Di pantai ini, Anda bisa melakukan banyak aktivitas, dari sekadar berjalan menikmati pemandangan, berenang sambil menikmati segarnya air laut,


berperahu dengan kano ke tengah laut, hingga berkunjung ke Pulau Condong dan Pulau Bule yang letaknya tak jauh dari Pantai Pasir Putih. Anda bisa menyewa perahu kano biasa seharga Rp 20.000 atau perahu wisata mulai Rp 100.000. Selain Pantai Pasir Putih, masih ada pantai lain yang bisa Anda kunjungi, yaitu Pantai Krui, Pantai Marina, Pantai Tirtayasa dan masih banyak lagi. Luangkan waktu Anda untuk menapak tilas masa lampau sekaligus menambah wawasan dengan mengunjungi Museum Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai. Di museum yang terdiri dari dua lantai ini, Anda akan melihat foto serta diorama perkembangan Lampung dari waktu ke waktu. Ada juga koleksi benda-benda bersejarah, seperti peninggalan kerajaan yang pernah berdiri di Lampung, karya seni keramik dari Negeri Siam dan Cina pada zaman Dinasti Ming, stempel serta mata uang kuno peninggalan kolonial Belanda, dan barang langka berupa bejana perunggu yang ditemukan di Sri Minosari. Bila beruntung, Anda bisa menyaksikan pagelaran seni tradisional Lampung. Pastinya lidah Anda penasaran dengan cita rasa Bandar Lampung. Pindang merupakan salah satu menu andalan di Bumi Ruwa Jurai. Hidangan

75 JULY / 2012


ini disajikan dengan kuah berwarna kuning. Ciri khasnya adalah memiliki rasa yang asam, pedas dan gurih seperti Tom Yam dari Thailand. Aroma kuahnya pun harum menggoda karena dicampur dengan daun kemangi. Ada berbagai macam jenis Pindang yang bisa Anda nikmati, yaitu ikan baung, cumi, dan udang. Kemudian ada Seruit yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Tak seperti Pindang yang dibalut dengan kuah hangat, Seruit merupakan hidangan goreng dan bakar yang kemudian dicampur dengan sambal terasi, mangga, atau tempoyak yang merupakan durian yang sudah diawetkan lalu dihaluskan bersama bumbu-bumbu. Sebagai kenang-kenangan untuk dibawa pulang atau oleh-oleh untuk diberikan, Anda bisa membeli Kain Tapis yang merupakan kain tradisional kebanggaan masyarakat Bandar Lampung. Dulunya, Kain Tapis dikenakan dalam setiap upacara adat di lingkungan kerajaan. Setiap keluarga kerajaan memiliki motif tersendiri. Salah satu motif yang cukup terkenal adalah bintang perak, karena Kain Tapis dengan motif tersebut biasa dikenakan oleh kalangan perempuan untuk acara Begawi atau pernikahan. Kini Kain Tapis tak lagi dikenakan oleh keluarga

APRIL//2012 JULY 2012

76


kerajaan saja, tetapi telah dikenakan oleh semua masyarakat Bandar Lampung. Bentuknya pun ada bermacam-macam, mulai dari selendang, tas, hingga hiasan dinding. Bila Anda tertarik untuk melihat proses pembuatan Kain Tapis, Anda bisa berkunjung ke Desa Sumberejo, tempat sebagian besar penduduknya mencari penghasilan dengan membuat Kain Tapis.

FOTO: NOVIII2, AKSANSANJAYA.

Soekarno Hatta International Airport - Radin Inten II Airport Batavia Air Garuda Indonesia Lion Air Merpati Airlines Sriwijaya Air

Pasar Bambu Kuning Jl. Batu Sangkar Km. 38 Bambu Kuning (Harga Kain Tapis mulai dari Rp 100.000) Taman Santap Rumah Kayu Jl. Arif Rahman Hakim No. 45, Bandar Lampung Rumah Makan Rusdi Gendut Jl. Pangeran Tirtayasa Sukabumi, Bandar Lampung

CV Samania Lintas Usaha Jl. Tulang Bawang No.21 Enggal Bandar Lampung T: +62 721 7344447, 721 7364050 F: +62 721 267713 E: a_farizi@yahoo.co.id Mulai Rp 175.000

Novotel Lampung Jl. Gatot Subroto No. 136, Bandar Lampung T: +62 721 477999 F: +62721 479797 E: info@novotellampung.com W: www.novotel.com Sheraton Lampung Jl. Wolter Monginsidi No. 157, Bandar Lampung T: +62 721 486666 F: +62721 488777 E: reservation.lampung@sheraton.com

JULY / 2012 77 APRIL


won der ful wor ld

FADING EUROPEAN B

anyak dikenal sebagai Macan Eropa karena bulu dan kemampuan berburunya, Lynx Iberia (Lynx pardinus) kini menghadapi kepunahan dengan jumlah populasi yang tercatat hanya sekitar 110 ekor akibat berkurangnya habitat alami dan sumber makanan utamanya yaitu kelinci. Lynx Iberia membunuh predator lain untuk menjaga suplai kelinci dan melindungi keturunannya. Kepunahannya akan mengakibatkan meledaknya populasi predator seperti rubah, musang, serta kucing dan anjing liar sekaligus semakin mengurangi populasi kelinci di Eropa Selatan.

JULY / 2012

78

Induk Lynx bisa berpindah sarang hingga 12 kali untuk menjaga anaknya dari predator lain.

Anda dapat melakukan adopsi di www.worldwildlife.org/gift-center. Tersedia beberapa tipe paket adopsi.

TEKS: CITA ARSITA FARANI

TIGERS

QUICK!FACTS


getaway

Reading points

Senayan City: Ben Francais Brew House Café Oh La La Chatter Box Cold Stone D’Excelso D’Glam Dairy Queen Express Thai Fitness First Foodism Gelato Bar Han Gang Head Quarter Johnny Andrean Jittlada Lu’vaze Ming Village Pizza Marzano Pizza Hut Soho Starbucks Sushi Tei Takigawa Tator

Potato Head Pancious Secret Recipe Starbucks Coffee

E Corner Kopi Luwak Daily Bread Qbox

Plaza Senayan: Café Oh La La Coffee Club Din Tai Fung Johnny Andrean Kafe Victoria Lu Vaze Paxi Barbershop Peter F Saerang Pizza Hut Starbucks Toni & Guy

Pondok Indah Mall 1 – 2: Café Oh La La Celebrity Fitness Chopstick Fish & Co Kafe Regal PHO 2000 Red Tomato Sapo Oriental Sour Sally Starbucks

Pasific Place: Bengawan Solo Coffee Café Bon Francais Coffee Club Coffee World Kopi Luwak Liberica Coffee

Epicentrum: 4 Fingers Comic Café Kafe Betawi Talaga T-Grill Starbucks Coffee

Cilandak Town Square: D’ Palace Dome Frankfurter Mangkok Putih Mister Bean Score Starbucks

Setiabudi One: Amadeus Starbucks Coffee Chatterbox Coffee World Sushi Groove Pizza e Birra Anomali Coffee Kafe Betawi Dapur Sunda Mangkok Putih Pisa Café & Ice Cream Frankfurter Mr. Pancake Plaza Indonesia: Bakerzin

Bistro Baron Café de Excelso Chatterbox Dante Coffee Shop De Excelso Family Café Gelare Ice Cream Café Heavenly Blush La Maison Kopi Luwak Lamoda Café Kafe Betawi Mister Bean Coffee Pancious Pizza e Birra QQ Kopitiam Saint Cinnamon Secret Recipe Spinelli Coffee The Coffee Bean Mall Kelapa gading: Aji Sen Ramen Food Sensation Celebrity Fitness Charmy Taiwan Noodles D’Exelso Dante Coffee Honey Moon Dessert Peter F. Saerang MM Juice Solaria Starbucks Sushi Groove The Coffee Bean Yakun Kaya Toast

Subscribe now by filling out this form: Name: ............................................................................ Address: ........................................................................ ....................................................................................... City / State / ZIP: ........................................................... E-mail: ........................................................................... Phone (Home): .............................................................. Phone (Mobile): ............................................................ Subscription package Jakarta 6 issues

Bodetabek

Luar Jabodetabek

[ ] Rp. 150.000,- [ ] Rp. 162.000,- [ ] Rp. 168.000,-

12 issues [ ] Rp. 250.000,- [ ] Rp. 324.000,- [ ] Rp. 336.000,*mark your selection with [ x ] PT GI Media Jl. Summagung 1 No.9, Blok A4, Kelapa Gading, Jakarta Utara T: +62 21 45844987, 45777100 F: T: +62 21 45844987 E: getawaymagz@gmail.com

79

JULY / 2012


dire ctor y

CEKLIST STORE (CKS) Jl. Pelajar Pejuang 45 No.83 Bandung T: +62 812 1467 9997 W: www.cks.asia Twitter: @ckscloth FB: www.facebook.com/cks.cloth www.privatejettours.ca Rumah Sushi Jl. Adityawarman 71, Blok M Jakarta Selatan W: www.rumahsushi.wordpress.com E: rumah.sushi@yahoo.com Twitter: @RumahSushi T: +62 21 988 22900 (outlet), 933 44700 (catering) Sirroco Restaurant The Dome at Lebua Hotel Siloam Road, Bangkrak, Bangkok – Thailand T: +66 2624 9555 W: www.lebua.com V8 Hotel Graf Zeppelin Platz 71034 Böblingen, Jerman T: +49 (0)7031-3069880 F: +49 (0)7031-306988888 E: info@v8hotel.de W: www.v8hotel.de The Waterhouse Hotel No. 1 Building 3, Maojiayuan Road, Huangu. Shanghai, Cina. E: res@designhotels.com W: www.designhotels.com

JULY / 2012

80


81

JULY / 2012


JUNE / 2012

82


Getaway! July 2012 Issue