Issuu on Google+

getaway

AUGUST 2012 ISSUE

www.getaway.co.id


tabl e of con ten ts

AUGUST / 2012 18 GRAND JOURNEY 50 ADVENTURE Meeting the New Identity of Berlin

Menelusuri Lautan Pasir Bromo

70 TRIBE & CULTURE

30 URBAN STORY

56 EDITOR’S LIST

74 LOVE INDONESIA

32 EXPLORE

66 TRAVEL NOTES

Fleeting Markets

Enjoying Free Istanbul

Belitung’s Tasty Delights

Enigmatic People of Komodo

Bengkulu

Kampung Segala Bangsa

ON THE COVER hal. 50

hal. 18 hal. 32 Photo: Berliner Dom Berlin Cathedral Church adalah gereja terbesar di Berlin. Meskipun bernama ‘katedral’, gereja ini sebenarnya tidak pernah diduduki seorang uskup.

AUGUST / 2012

2


3 AUGUST / 2012


getaway Advisors Gary Lilardi Iwan CEO Cicilia Sudargo

Editor’s Note

Selalu ada dua sisi dalam semua hal, tidak terkecuali sebuah destinasi wisata. Dua sisi ini bisa mengambil bentuk dalam berbagai hal, dari sisi yang paling sederhana seperti wajah siang dan malam suatu kota hingga dua musim suatu negara dengan atraksi dan pengalaman yang berbeda. Destinasi getaway! kali ini pun demikian. Siapa yang tidak tahu Berlin dulunya dipisahkan oleh Tembok Berlin menjadi Berlin Barat dan Timur? Masih tersisa sebagian nuansa masa lalu yang membedakan kedua belah kota ini. Atau yang lebih ekstrim, kota Istanbul yang terbelah Selat Bosphorus… menjadi belahan benua Eropa dan Asia!

Editor in Chief Cita Arsita Farani Editor Wilma Hartyandari Art Designer S. Eko Andi Purnomo Photo Editor Edric Rahardja Advertising & Promotion Wilman Anugrah (wilman.getaway@gmail.com)

Hidayat Pane

(hidayatpane@hotmail.com)

Contributors Ayos Purwoaji Dwinda Nafisah Dyah Pratama Kasman Taslim Tari Su Rama S. Nugraha Yudasmoro Yudo Pratama

getaway!

diterbitkan oleh

PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +62 21 45844987, 45777100 F: +62 21 45844987 E: getawaymagz@gmail.com

Inilah contoh bahwa ‘bermuka dua’ tidak selalu berarti buruk, melainkan menawarkan pesona ganda yang bisa tidak habis-habis Anda nikmati. Getaway! Magz

Now take a break, because it’s time for your getaway!

AUGUST / 2012

6

getawaymagz


August Malem Selikuran merupakan pagelaran ritual tradisional Keraton Surakarta Hadiningrat dan masyarakat Solo untuk memperingati Nuzulul Quran. Acara berupa kirab seribu tumpeng dari halaman Pagelaran Keraton menuju Taman Sriwedari yang diikuti para prajurit serta barisan lampu ting.

9

11

8 14

Festival Budaya Lembah Baliem 2012 yang melibatkan suku-suku yang ada di Kabupaten Jayawijaya, seperti suku Dani, suku Lani dan suku Yali rencananya digelar mulai tanggal 8-11 Agustus 2012.

Di Galeri Salihara, dari tanggal 28 Juli kemarin digelar Pameran Seni Patung Baru yang memamerkan karya dari beberapa seniman seperti Abdi Setiawan, Anusapati dan Didi Kasi disertai diskusi tentang karya-karya tersebut.

10

Erwin Gutawa siap menggelar konser “Ramadan in Harmony” bersama para penyanyi terkenal lainnya. Konser tersebut akan digelar di Plenary Hall, JCC Jakarta. Konser ini akan memadukan musik modern dengan atraksi kebudayaan Indonesia sebagai simbol harmonisasi beragama.

Tomohon International Flower Festival 2012 digelar selama empat hari dari tanggal 8 Agustus 2012. Festival bunga internasional ini diadakan di kota Tomohon, Sulawesi Utara, sebagai wadah promosi pariwisata.

age nda Grup musik yang terkenal dengan “Love Fool” akan menggelar konsernya di Jakarta. Loud Production sebagai promotor memilih Tennis Indoor Senayan sebagai venue konser The Cardigans.

Gerebeg Syawal merupakan upacara adat Jogjakarta yang dilangsungkan untuk merayakan tanggal 1 Syawal yang bertepatan dengan perayaan Idul Fitri. Pihak keraton akan memberikan sedekah kepada rakyat berupa gunungan yang diarak dari Kompleks Keraton

21

Penikmat musik alternatif tahun 90-an akan bernostalgia dengan band yang populer dengan single “I’m Only Happy When It Rain”. Garbage akan tampil di Fort Canning Park, Singapore setelah 7 tahun vakum.

Dalam rangka tur bertajuk The Beach Boys 50th Anniversary Reunion Tour, Mike Love, Al Jardine, Bruce Johnston, David Marks, bahkan Brian Wilson akan menyapa penggemar mereka di Asia Tenggara dengan sebuah konser di Singapore Indoor Stadium.

12 28

19

22

Jemparingan merupakan lomba panahan dengan gaya tradisional yang mengharuskan pesertanya mengenakan busana adat Jawa sambil duduk bersila. Acara ini dilangsungkan setiap hari Selasa Wage di Jogjakarta untuk memperingati Tinggalan Dalem Sri Sultan HB X.

7 AUGUST / 2012


wha age t’snda up

Layanan Valadoo Tumbuh Pesat

V

aladoo adalah situs commerce lokal yang menyediakan suatu solusi terpusat untuk para wisatawan yang merencanakan liburan, menawarkan berbagai promo dengan harga yang sangat terjangkau. Kekuatan utama dari situs pelayanan jasa ini terletak pada akses luas yang mencakup berbagai tujuan liburan populer di Indonesia. Tahun ini, Valadoo mengalami pertumbuhan yang pesat. Banyaknya orang yang mengunjungi situs valadoo.com menghasilkan peningkatan hampir 50% selama enam bulan pertama pada tahun 2012. Untuk kuartal kedua, jumlah pengunjung mencapai

sekitar 160.000. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa Valadoo memang berkembang pesat sebagai sebuah perusahaan digital lokal di sektor perjalanan. CEO sekaligus salah satu pendiri Valadoo, Jaka Wiradisuria mengungkapkan bahwa pertumbuhan Valadoo memang fenomenal. Awalnya situs ini dibuat untuk mendorong orang-orang agar berpergian dan menikmati hidup. Dengan pertumbuhan yang pesat seperti itu, sudah tidak diragukan lagi apabila situs ini memang jawaban Anda untuk medapatkan liburan yang menyenangkan.

BNI Taplus Muda untuk Para Remaja Ibukota

P

ada 14 Juli kemarin, Bank Negara Indonesia mempersembahkan BNI Creaticity yang bertempat di area outdoor Plaza EX Jakarta. Agenda utama acara ini adalah untuk meluncurkan produk BNI Taplus Muda, sebuah tabungan yang ditujukan untuk anak muda Indonesia yang berusia antara 1525 tahun. Selain itu, acara ini juga merupakan suatu ajang berkumpul bagi anak muda dari berbagai komunitas untuk menunjukkan aksi dan kreasi positif mereka. “Jadilah Diri Sendiri� merupakan tagline yand digunakan oleh Bank Negara Indonesia dalam mempromosikan produk baru mereka ini. BNI Taplus Muda memiliki sejumlah nilai yang ingin AUGUST / 2012

8

diangkat yaitu berani, nyata, dan inovatif, sesuai dengan anak muda yang bebas mengekspresikan kreativitas dan pemikiran-pemikiran inovatif mereka secara berani dan nyata. Dalam BNI Creaticity, digelar berbagai kegiatan kompetisi anak muda seperti skateboarding, wall gravity, bahkan shue dance. Salah satu kompetisi yang cukup menarik perhatian adalah CreativePreneur, sebuah kompetisi proposal bisnis untuk menemukan anak-anak muda yang berbakat dalam melakukan sebuah bisnis dan membutuhkan sarana untuk merealisasikannya.


The New FoodTown in Town S Happiness Packed Inside a Backpack

ebuah food court premium kini hadir sebagai alternatif bagi Anda yang suka mencari tempat makan ketika sedang tidak ingin makan di rumah. Konsep serta desain interior yang sophisticated membuat tempat ini terasa berbeda apabila dibandingkan dengan konsep food court lainnya yang ada di Jakarta. Areanya yang luas dengan kapasitas yang dapat menampung sekitar 1.000 pengunjung ini, membuat FoodTown menjadi food court terluas yang ada di Jakarta saat ini.

TEKS: CITA ARSITA FARANI, WILMA HARTYANDARI FOTO: ISTIMEWA

Berlokasi di Mall Living World Alam Sutera lantai 2, FoodTown memiliki sekitar 25 tenant yang menyediakan berbagai menu makanan maupun

minuman, mulai dari menu lokal sampai dengan menu mancanegara. Apabila Anda sedang ridak ingin melakukan makan besar, FoodTown juga menyediakan berbagai makanan kecil baik yang tradisional seperti kue lekker dan kerak telur sampai makanan kecil yang modern seperti crepes. One Stop Real Pleasure merupakan kalimat yang tepat untuk menggambarkan FoodTown. Anda tidak perlu pergi ke tempat lain untuk merasakan variasi makanan yang lezat. Didukung dengan suasana tempat yang berbeda dan nyaman, FoodTown menjadi salah satu opsi wajib bagi para pecinta kuliner.

Table Top Swiss-Belhotel International

R

abu, 4 Juli 2012 kemarin, Swiss-Belhotel International Indonesia mengadakan Table Top yang ditujukan untuk para agen perjalanan yang ada di Indonesia. Bertempat di Diamond Ballroom, Arion Swiss-Belhotel Kemang, Jakarta, acara ini juga bertujuan untuk mendukung penjualan kamar dari Swiss-Belhotel sendiri serta menjalin hubungan kerja sama yang lebih erat dengan media maupun agen perjalanan. Turut hadir dalam acara ini adalah Chairman and President SwissBellhotel International untuk Indonesia, Gavin M. Fauli, yang pada malam itu mengumumkan ekspansi Swiss-Belhotel International dengan

meluncurkan hotel berbintang dua yaitu Zest Hotel. Zest Hotel merupakan hotel dengan pilihan akomodasi dengan fasilitas serta pelayanan dengan standar internasional namun tetap terjangkau oleh masyarakat. Table Top kali ini dihadiri sekitar 100 agen perjalanan termuka dan perwakilan dari 30 properti Swiss-Belhotel Internasional yang ada di Indonesia. Berbagai acara serta hadiah menarik disiapkan untuk para undangan yang hadir, salah satunya adalah kesempatan untuk menginap di Golden Palm Tree Sepang, Malaysia.

9 AUGUST / 2012


3 Months Celebration of Art and Tourism

1M

alaysia Contemporary Art Tourism Festival merupakan perhelatan akbar yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia selama tiga bulan dengan agenda tujuan menjadikan Malaysia sebagai salah satu destinasi liburan yang dapat menarik para wisatawan asing. 1Malaysia Contemporary Art Tourism Festival tahun ini terdiri dari beberapa agenda yang menarik, antara lain1MCAT “Malaysia Your New Art Tourism Destination” Exhibition dan “1MCAT Sarawak Art Exhibition in Conjunction With Rainforest World Music Festival & Exhibition”.

Tahun ini merupakan pagelaran kali ke-tiga selama tiga tahun berturut-turut. Respon yang didapat pada pagelaran dua tahun sebelumnya sungguh luar biasa, oleh karena itu Malaysia’s Tourism Board mengadakan dengan persiapan yang lebih matang untuk tahun ini. Mulai dari lukisan, patung sampai pagelaran musik terdapat disini, tidak heran apabila 1Malaysia Contemporary Art Tourism Festival banyak menarik minat para wisatawan asing untuk mengunjungi Malaysia.

Go Indonesia, Go!

G

oIndonesia.com merupakan situs travelling yang menyediakan berbagai pelayanan yang berhubungan dengan travelling. Misalnya voucher hotel maupun produk-produk perjalanan lainnya. Situs ini dilempar ke world wide web dengan fitur yang mudah, karena di jaman sekarang, kebanyakan orang menginginkan sesuatu yang lebih praktis dan tidak merepotkan. Salah satu pelayanan yang menjadi keunggulan adalah keleluasaan bagi para pelanggan dalam memilih cara pembayaran yang memang belum dimiliki oleh penyedia jasa travel lainnya, yaitu penggunaan MasterCard dan Visa, AUGUST / 2012

10

KlikBCA, Mandiri ClickPay, dan fasilitas ATM. Bulan Mei kemarin, GoIndonesia.com meluncurkan fitur Loyalty Program bagi pelanggan yang telah setia melakukan reservasi dan pembelian melalui situs mereka. Program ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan memanjakan pelanggan GoIndonesia.com yang sudah menjadi anggota GoIndonesia. Pada fitur Loyalty Program ini, para pelanggan diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri hotel yang akan direservasi dan dapat melakukan pembayaran dengan sistem poin yang telah dikumpulkan.


2012 MBLAQ “The BLAQ% Tour” H allyu Wave masih belum mau berhenti, dan Indonesia semakin dikenal sebagai salah satu negara yang menyambutnya dengan tangan terbuka. Terbukti dengan terpilihnya Jakarta sebagai kota pertama digelarnya rangkaian konser Asia boyband didikan Rain yang bernama MBLAQ, singkatan dari Music Boys Live in Absolute Quality. Dynamo Buzz, Gamma Live and Sound Rhythm berkolaborasi dengan CJ E&M M-Live dan Caba Entertainment mempersembahkan 2012 MBLAQ “The BLAQ% Tour” pada tanggal 30 Juni 2012 di Mata Elang Internasional Stadium (MEIS), Ancol.

Dalam konferensi pers di hari sebelumnya, MBLAQ mengaku sangat senang bisa datang ke Indonesia, apalagi ini adalah kali pertamanya. Seung Ho, G.O, Lee Joon, Thunder, dan Mir berjanji akan memberikan penampilan yang terbaik, apalagi kepada getaway! mereka mengaku membaca semua pesan dan harapan yang para penggemarnya tinggalkan di berbagai situs. Pada malam konser, mereka memenuhi janji untuk tampil maksimal menghibur para A+, sebutan penggemar MBLAQ. Konser dibuka dengan penampilan menghentak “Run”, “Y”, dan “Again” dengan kostum hitam-hitam, sebelum mereka menyapa para penonton dengan bahasa Indonesia, “Aku cinta kalian!” Lagu-lagu hit lainnya seperti “Mona Lisa”, “Cry”, “Stay”, “G.O.O.D Luv”, dan “100%” semakin membuat nuansa MEIS memanas. Masing-masing anggota MBLAQ pun menampilkan solo stage, namun yang paling membuat histeris adalah saat Lee Joon mengajak seorang gadis beruntung ke atas panggung diiringi lagu “Just The Way You Are” milik Bruno Mars sebelum menarikan lagu Rain “Nan” dengan seksi. Penonton Indonesia juga patut berbangga menjadi yang pertama menyaksikan lagu “You’re my +” dan single duet G.O dan Mir “Wild”. Konser pun akhirnya ditutup dengan remix lagu debut mereka, “Oh Yeah” disertai janji akan kembali lagi.

11 AUGUST / 2012


coff bodeey trea talkt

Romantisme Dunia Analog Salah satu bentuk apresiasi terhadap musik dengan menghargai bentuk ďŹ siknya, entah itu kaset, CD, maupun piringan hitam.

AUGUST / 2012

12


M

ungkin di era digital seperti sekarang ini, sudah jarang orang yang menghargai bentuk fisik musik. Orang tidak perlu lagi repot-repot pergi ke toko musik untuk mendapatkan kaset, CD, atau piringan hitam milik band favorit mereka, tinggal browsing di internet lalu bisa langsung mengunduhnya. Dilihat dari gaya hidup kaum urban, hal itu memang sangat praktis.

TEKS: WILMA HARTYANDARI

Menurut saya, salah satu bentuk fisik dari musik yang paling seksi adalah piringan hitam atau yang juga biasa disebut vinyl. Dengan kualitas audio yang jujur, piringan hitam memberikan suatu perasaan berbeda apabila didengarkan. Kita seperti diajak untuk menikmati musik dari dunia yang lebih detail. Terdengar sentimentil mungkin, tapi Anda bisa merasakanannya keromantisannya sendiri, apabila di sebuah ruangan sedang terputar sebuah piringan hitam. Jalan Surabaya yang berada di daerah Jakarta Pusat merupakan salah satu tujuan utama bagi para pemburu piringan hitam ini. Tempat ini memang sudah terkenal karena merupakan “pasar” yang menjual berbagai macam barang antik, kurang lebih seperti museum. Di tempat ini, belasan pedagang piringan hitam berjajar bercampur dengan pedagang barang antik lainnya. Dan Anda akan

dikejutkan dengan variasi piringan hitam yang dijual di Jalan Surabaya ini. Melihat satu persatu isi rak mereka, jangan heran apabila Anda menemukan piringan hitam langka, bahkan yang berisi lagu-lagu dari masa setelah Perang Dunia II misalnya. Musik klasik milik Beethoven atau Mozart bisa ditemukan di sini. Bagi Pecinta Jazz, tidak jarang piringan hitam dari Astrud Gilberto, George Shearing, sampai Stanley Black menghiasi rak-rak piringan hitam para pedagang. Tidak hanya piringan hitam asing yang bisa ditemukan, piringan hitam artis lokal lawas seperti Dara Puspita, Titiek Puspa, sampai Oslan Husein bisa Anda dapatkan jika sedang beruntung. Namun seiring perkembangan, piringan hitam kini lebih mudah didapatkan. Selain di Jalan Surabaya, sudah ada beberapa tempat di ibu kota yang menjual piringan hitam, tentunya dengan variasi harga yang berbeda apabila dibandingkan dengan di Jalan Surabaya. Menariknya lagi, sudah ada beberapa band lokal zaman sekarang yang membuat album mereka dengan bentuk piringan hitam. Hal tersebut patut diacungi jempol, karena itu sama saja dengan “mendidik” masyarakat untuk lebih menghargai musik.

13 AUGUST / 2012


travel tips

Guideless Fun Tiba di bandara minimal 2 jam sebelum keberangkatan’ merupakan salah satu tip liburan yang umum. Cobalah beberapa tip seru berikut yang akan membuat liburan Anda terasa lebih hidup!

Setiap tempat di belahan dunia manapun pasti memiliki makanan unik yang bahkan cenderung aneh dan membuat kita takjub. Tidak ada salahnya untuk mencicipinya, tapi Anda harus tetap memastikan bahwa makanan itu aman untuk dikonsumsi

> Lakukan apa saja yang Anda mau Jangan terpatok dengan guide book saja, nikmati destinasi liburan semaksimal mungkin dengan cara Anda sendiri. Apabila Anda tiba-tiba ingin melakukan hal yang “liar� dan menyimpang dari guide book yang Anda pegang, maka lakukanlah! Dengan begitu liburan Anda akan semakin tidak terlupakan

AUGUST AUGUST//2012 2012

14

> Kirim kartu pos dari destinasi Anda Sempatkan mendatangi toko yang menjual berbagai macam pilihan kartu pos dengan gambar menarik destinasi liburan Anda dan kirimkan untuk keluarga di rumah. Tambahkan beberapa pesan singkat yang menceritakan bahwa Anda sedang bersenangsenang. Bisa saja Anda sampai di rumah mendahului kartu pos, tapi tidak ada salahnya, kan?

> Bertanya tentang tempat menarik ke warga setempat

Anda akan terkejut dengan berbagai informasi menarik yang bisa didapat dari berbincang dengan warga setempat di destinasi liburan Anda. Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan informasi tentang obyek wisata yang belum banyak diketahui para turis lainnya.

TEKS: WILMA HARTYANDARI

> Coba menu makanan unik khas lokal


advertorial

Learning America at

@america Mengenal Amerika tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk pergi langsung ke sana.

A

merika tidak hanya sebatas film-film Holywood, musik terbaru, atau produk-produk konsumen. Banyak hal dari Amerika yang kita bisa pelajari, dan untuk mengetahuinya tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke Amerika. Sejak 2 Desember 2011 di Pacific Place – Jakarta, telah hadir @america, pusat kebudayaan Amerika yang dapat memberikan banyak informasi tentang negara tersebut secara lengkap. Pemilihan Indonesia sebagai lokasi pertama @america didasari oleh hubungan baik yang selama ini terjalin antara pemerintah Amerika dan Indonesia. Dikemas dalam penyajian yang interaktif dan berteknologi tinggi, @america memberikan peluang bagi para generasi muda Indonesia untuk berdialog mengenai topik yang menjadi minat mereka yang tentunya berhubungan dengan Amerika. Bukan hanya budaya, tapi juga informasi tentang pendidikan, teknologi, dan pariwisata – semua dapat diperoleh secara gratis.

Jason Rebholz, Assistant Cultural Attaché for @america, menjelaskan bahwa belajar di Amerika juga menjadi keinginan dari banyak generasi muda Indonesia, dan @america memberikan kemudahan fasilitas informasi tentang peluang untuk belajar di Amerika, program beasiswa yang tersedia untuk pelajar di Indonesia, dan informasi tentang universitas yang bisa mereka pilih. “Pendidikan menjadi tujuan utama dari keberadaan @america, kami menginginkan banyak generasi muda Indonesia kembali untuk mencari informasi tentang pendidikan di @america,” tambah Jason. Dengan keberadaan @america, diharapkan generasi muda Indonesia dapat mengenal Amerika dari banyak sisi sehingga terjalin hubungan yang dinamis antara Amerika dan Indonesia, terutama dalam peningkatan pendidikan di generasi muda.

@america Pacific Place Mall 3rd floor #325 Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53 Kebayoran Baru, Central Jakarta, 12190 W: www.atamerica.or.id 10.00 - 21.00

15JANUARY / 2012


on top

NAPAK TILAS MENUJU ANTARTIKA

S

ekitar 100 tahun yang lalu, Robert Falcon Scott, Ernest Shackleton, dan Douglas Mawson melakukan perjalanan ke Antartika. Untuk pertama kalinya, mereka menaklukkan jalur menuju Antartika dan membuktikan bahwa manusia dapat pergi ke dunia bagian manapun dengan bekal tekad yang kuat dan persiapan yang matang. Bayangkan apabila Anda dapat menapak tilas perjalanan ketiga petualang hebat tersebut, tentu akan menjadi sebuah pengalaman liburan yang tidak terlupakan seumur hidup. Tentu saja sekarang semuanya sudah jauh lebih menyenangkan dan sudah dipersiapkan apabila Anda memutuskan untuk melakukan ekspedisi ke Antartika sebagai salah satu cara untuk menghabiskan liburan. Beberapa penyedia jasa travel sudah menyiapkan paket ekspedisi ke Antartika, Anda tinggal menikmati perjalanan, tentunya jika siap untuk merogoh kocek yang dalam untuk membiayai ekspedisi ini. AUGUST / 2012

16

Theme Cruise Finder merupakan salah satu penyedia jasa cruise yang dapat Anda pilih. Dengan jalur sama yang dilewati oleh Robert Falcon Scott, Ernest Shackleton, dan Douglas Mawson, ekspedisi ini melewati Southern Ocean, Ross Sea, dan Commonwealth Bay untuk menuju Antartika. Perjalanan akan ditempuh selama kurang lebih 20 hari dengan berlayar. Anda juga akan mampir ke Pulau Macquarie serta Pulau Sub Antartic untuk menikmati alam liar di sana. Mawson’s Hut merupakan salah satu tempat yang jarang dijamah oleh manusia, dan ini adalah kesempatan Anda untuk menikmati keindahan tempat tersebut. Siapkah Anda mengeluarkan 16.460 USD untuk melakukan ekspedisi hebat ini ? www.themecruiseďŹ nder.com

TEKS: WILMA HARTYANDARI

Rasakan petualangan yang pernah dilakukan oleh tiga penjelajah hebat dunia 100 tahun silam.


special feature

Where:

bes t tim e

Munich-Bavaria, Jerman

When:

September-Oktober

Why:

TEKS: WILMA HARTYANDARI

Oktoberfest merupakan festival tahunan yang diadakan selama 16 hari di akhir bulan September sampai awal Oktober. Diadakan di Jerman dan merupakan salah satu festival yang sudah terkenal di dunia, Oktoberfest merupakan bagian penting dari perayaan kebudayaan Bavaria, salah satu wilayah tertua di Eropa. Di Oktoberfest, tersedia bir khas Bavaria untuk semua orang yang datang di festival ini, sambil menikmati tarian serta kesenian tradisional Bavaria, Jerman.

17 AUGUST / 2012


gran d jour ney

MEETING THE NEW IDENTITY OF

BERLIN Meskipun terpisah tembok panjang dan menjadi pusat pemerintahan Nazi di masa lalu, ibu kota Jerman ini kini menawarkan wajah dan pesona yang berbeda.

AUGUST / 2012

18


19 AUGUST / 2012


Stasiun Berlin Hauptbahnhof

P

erjalanan saya dan kawan-kawan ke Berlin sebenarnya bukan perjalanan yang saya inginkan betul. Saat itu yang terbayang hanyalah kota yang tidak begitu menarik untuk turis, penuh dengan orang-orang berwajah serius dan kaku seperti Hitler, pasti membosankan. Tapi daripada ditinggal sendirian di Eropa, saya pun mengikuti teman-teman saya. Rupanya saya harus menghapus prasangka jelek saya terhadap kota yang memiliki tembok paling fenomenal di dunia, yaitu yang pada tahun 1961 didirikan untuk memisahkan Jerman Barat dengan Jerman Timur dan dihancurkan pada 1989. Setelah menempuh hampir 5 jam dari Praha, kami sampai juga di sebuah stasiun yang megah di kota Berlin. Fantastis! Kata itu yang pertama saya teriakkan dalam hati saat DAY menginjakkan kaki di Stasiun Berlin Hauptbahnhof. Sebagai stasiun 1 kereta utama di ibu kota negara dan terbesar di Eropa, kemegahan Hauptbhanhof dapat dilihat dari penggunaan kaca di hampir seluruh bangunannya, termasuk dinding hingga atap. Penggunaan kaca tidak hanya sebagai dekorasi bangunan saja tapi juga sarana

AUGUST / 2012

20

mendapatkan cahaya matahari agar menyinari isi gedung. Berlin terbagi beberapa jalur yaitu layanan S-Bahn/Strabenbahn (kereta kota atau reguler), U-Bahn/Unterbahn (kereta bawah tanah), Regional-Bahn (antar kota) dan kereta Express. Bangunan stasiun ini lebih cocok dikatakan sebagai mal yang ada stasiunnya. Bersih, nyaman, dan mewah!


Burgermeister Agak terburu-buru menuju hostel tempat menginap, saya segera mengarah ke jalur S-Bahn untuk menaiki kereta kota menuju stasiun Friedrichstrabe, dekat dengan hostel yang akan saya tinggali di Ziegelstrasse. Hari sudah menjelang sore, tapi karena waktu juga tidak banyak, saya berprinsip memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. Tujuan utama saya adalah mengisi perut, dan sesuai rekomendasi dari seorang kawan di Jakarta, saya menuju Burgermeister yang berada di Oberbaumstrasse menggunakan kereta dengan pedoman peta yang diberikan gratis oleh resepsionis hostel. Restoran bergaya outdoor dengan dekorasi hijau yang terletak di bawah jalur S-Bahn ini merupakan tempat nongkrong anak muda Berlin. Tempat penjualnya pun berada di kubikal yang dulunya mungkin bentuk toilet umum. Harga burgernya terbilang murah untuk standar Berlin. Kalau ragu untuk menikmati burger, di seberang berdiri banyak restoran Timur Tengah dengan logo halal. Selesai makan, saya menuju ke arah Sungai Spree yang membelah kota Berlin. Sungai ini merupakan obyek wisata untuk turis yang terkenal karena karena bisa mengelilingi Berlin dengan

Sungai Spree menggunakan perahu. Saya sendiri hanya bisa menatap dari atas jembatan. Menyusuri pinggir Sungai Spree membawa saya ke East Side Gallery yang merupakan bagian terbesar dan terpanjang dari Tembok Berlin yang tersisa, tepatnya sepanjang 1,3 km. Jujur saja, bayangan Tembok Berlin yang ada di kepala saya berbeda dengan fakta. Tembok ini bukan lagi berbentuk tembok tua, tapi sudah menjadi tembok mentereng warna warni.

21 AUGUST / 2012


QUICK!FACTS

Al-Cazaba. East Side Gallery Sebagian memang mural yang bernilai seni, namun sisanya dihiasi coretan iseng dari spidol yang hanya membuat kotor tembok. Bagaimanapun, tempat ini tetap menjadi obyek foto para turis termasuk saya. Sore menjelang malam, anginnya lumayan kencang. Berasa sekali saat saya di stasiun yang umumnya berada di atas jalan raya. Pillihan kopi hangat dan donat Jerman merupakan pilihan tepat. Untungnya banyak kedai pinggir jalan yang menjual donut khas Berlin yang bernama Pfannkuchen. Dari Tembok Berlin saya menuju Fernsehturm atau menara TV yang tingginya 365 meter. Menara ini unik sekali bentuknya karena di bagian ujung menara terdapat struktur berbentuk bola. Pengunjung dapat naik ke puncak menara dan menyaksikan pemandangan sekitar, sesuai dengan namanya yaitu fern atau jauh dan she(en) atau melihat. Tapi tiket masuknya yang lumayan mahal dan antrian yang panjang membuat saya mengurungkan diri. Mungkin lain kali.

AUGUST / 2012

22

Pada tahun 2006, Berlin dinyatakan sebagai UNESCO City of Design.


Tidak hujan seperti hari sebelumnya, pagi ini lumayan cerah di Berlin. DAY Setangkup sandwich gratis di hostel menjadi ‘amunisi’ untuk 2 bergerilya menyusuri kota Berlin. Seperti turis pada umumnya, saat hendak menanyakan arah tempat wisata yang akan saya kunjungi kepada resepsionis, tiba-tiba seorang bule berteriak “Free tour!� Ternyata hampir semua hostel di Berlin mengadakan free tour untuk penghuninya. Mereka membagi peserta ke dalam beberapa kelompok dan saya bergabung dengan sejumlah penghuni hostel yang sudah siap untuk tur mengelilingi kota. Rombongan saya berjalan kaki menuju tempattempat bersejarah di kota Berlin. Saya baru menyadari ternyata tidak hanya warna kulit dan tinggi tubuh saja yang membedakan orang Indonesia dengan orang Eropa, tapi juga lebar langkah kakinya. Saya harus berlari untuk mengikuti rombongan. Demi tur gratis, oke lah! Berlin tidak seperti negara di Eropa umumnya. Lebih modern, itu yang saya tangkap. Deretan toko dan restoran tidak semuanya berarsitektur klasik. Belum lagi kemegahan banyak gedung pencakar langit yang menunjukkan mapannya perekonomian di Berlin. Sebagai ibu kota negara Jerman, Berlin memiliki gedung-gedung sejarah yang sangat megah dan masih terlihat indah untuk dinikmati walaupun sudah berumur ratusan tahun. Saya turut menyusuri area pedestrian di Unter Den Linden yang terkenal dengan Berlin Walk. Unter Den Linden artinya di bawah pohon Linden.

Fernsehturm Dulu, pada masa pemerintahan Nazi, pohon Linden yang tumbuh di sepanjang jalan diganti dengan tiang-tiang bendera Nazi. Sedangkan di sekitar Berlin Walk yang saya lihat adalah jejeran kafe dan butik-butik belanja termasuk Nivea Hus. Saya baru tahu kalau produk kecantikan kulit itu aslinya berasal dari Jerman. Museum Madame Tussauds juga berada di jalan ini. Akhirnya saya sampai di sebuah boulevard bernama Parizer Platz yang cukup luas dan merupakan satu tempat yang wajib dikunjungi. Di sisi kami terdapat bangunan tua dan gedung seperti Kedutaan Amerika Serikat serta Inggris, Hotel Aldion, Starbucks, dan Museum The Kennedys. Banyak orang hanya duduk-duduk sambil menikmati kopi ataupun membaca koran.

Pfannkuchen

Tapi yang paling menakjubkan adalah kemegahan Gerbang Brandenburg, atau Brandenburger Tor menurut sebutan orang Jerman, yang berada di depan saya. Gerbang yang terletak di antara

23 AUGUST / 2012


Tiananmen Brandenburger Tor persimpangan Unter den Linden dan Parizer Platz ini tidak bisa diakses oleh kendaraan bermotor, khusus untuk pejalan kaki saja. Gerbang bergaya Yunani dan memiliki lima pintu masuk ini selesai dibangun pada tahun 1792 sebagai simbol perdamaian. Di atas gerbang berdiri sebuah patung Dewi Kemenangan yang mengendarai kereta kuda. Brandenburger Tor selamat dari Perang Dunia II dan menjadi saksi berkumpulnya massa untuk menghancurkan tembok yang memisahkan Berlin Barat dengan Berlin Timur. Anda juga bisa berfoto dengan orang yang berseragam militer dan membawa bendera Jerman, tapi harus mengeluarkan uang sekitar 10 Euro! Tidak jauh dari Brandenburger Tor, saya dan rombongan menuju gedung parlemen yaitu Reichstag. Gedung ini merupakan bangunan bersejarah di Berlin yang dibangun untuk rumah parlemen kekaisaran Jerman dan dipergunakan dari tahun 1894 sampai 1933. Gedung yang dulunya dipakai Hitler untuk berpidato ini memang ramai dikunjungi wisatawan. Bentuk bangunannya sangat unik karena menyerupai setengah bola yang semua dindingnya terbuat dari kaca. Untuk masuk ke gedung ini tidak dipungut biaya masuk, namun karena gedung AUGUST / 2012

24

ini masih dipakai parlemen di Jerman untuk bersidang, pengunjung umum tidak dapat masuk jika para senator datang. Kalau naik ke lantai atas, Anda bisa menemukan kubah kaca dan melihat pemandangan kota Berlin. Saya baru menyadari kalau satu persatu peserta mulai meninggalkan rombongan, mungkin karena merasa lelah. Saya sendiri masih bertahan karena ingin mengunjungi monumen yang dibangun mengenang kekejaman NAZI. Monumen Holocaust atau The Holocaust Memorial berbentuk 2.711 balok yang terhampar rapi dengan tinggi berbeda-beda di sebuah


Gedung Parlemen Reichstag lahan, dibangun untuk mengenang warga Yahudi yang dibantai dengan kejam oleh NAZI, dan banyak yang tewas dikarenakan kelaparan, dijadikan budak dan disiksa, serta dimasukkan ke ruangan gas beracun. Letih mengikut rombongan tur, saya memisahkan diri dan berjalan ke Postdemer Platz. Dulu area ini sempat hancur pada Perang Dunia II, namun kini sudah berisi banyak gedung pencakar langit. Di sini terdapat gedung berasitektur futuristik dan sangat kontras dengan gedung sekitarnya yang merupakan gedung-gedung tua bersejarah. Yang lebih menarik buat saya sebagai penyuka gadget adalah terdapat Sony Centre di area yang sama. Memutuskan bahwa sudah waktunya belanja, saya menuju area Kurfustendamm, tempat toko-toko berjejer rapi seperti di Orchard Road Singapura. Deretan pohon membuat pejalan kaki merasa sejuk dan nyaman saat window shopping. Selain produk-produk merek terkenal, banyak juga suvenir murah. Saya membeli kaus bertuliskan Berlin hanya seharga 3 Euro!

dan beberapa kali diperbaiki dan dibangun ulang. Saya coba berjalan menjauh dari bangunan gereja dan melihat ke atas. Birunya kubah Berliner Dom dengan kilauan salib emas bagai menusuk dinding langit merupakan pemandangan yang memesona.

Kota Berlin ini memang sangat memanjakan warganya dan DAY wisatawan yang datang. Sarana transportasi dibuat pemerintah 3 sebaik mungkin. Jika Anda mau berkeliling dengan mudah, naiki saja City Sightseeing Berlin Bus dari Brandenburger Tor dengan tiket seharga 12 Euro. Saya sendiri berjanjian dengan teman yang tinggal di Berlin untuk mengelilingi museum. Namun saya sempat melewati Berliner Dom atau disebut Berlin Cathedral, landmark yang sangat terkenal di Berlin. Gereja tua ini pertama kali didirikan tahun 1465

Dari sana, saya menuju Museum Island, sebuah kompleks yang memiliki banyak museum termasuk 5 museum sejarah dan diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Kelima museum itu adalah Altes Museum, Alte National Galerie, Pergamon Museum, Neues Museum, dan Bode Museum. Halaman Altes Museum merupakan tempat piknik yang asyik dengan rumput hijau dan air mancur, berbeda dengan nuansa serius dengan keamanan ketat saat masuk ke dalam bangunan Altes. Keluar dari halaman Altes, kami menuju Neues Museum yang menyimpan benda-benda yang tidak cukup untuk disimpan di Altes Museum, mulai dari artefak

The Holocaust Memorial

25 AUGUST / 2012


Century 21 Department Store

Berliner Dom Mesir dan koleksi Papyrus hingga prasejarah dan koleksi barang antik. Di samping saya kini berdiri megah Alte National Galerie, lebih seperti gedung pemerintahan Yunani kuno karena bertingkat-tingkat dengan hiasan patung besar di tengahnya, menyimpan koleksi seni dari zaman neoklasik. Di samping bangunan ini ada Pergamon Museum, namun saya memutuskan langsung menuju Bode Musum yang terletak di paling ujung dan menghadap Sungai Spree. Sayang saya tidak sempat mengunjungi semua museumnya, karena pastinya butuh waktu seharian. Pulang dari Museum Island, teman saya bercerita tentang bangunan tempat diselenggarakannya pertunjukan musik, termasuk oleh sejumlah musisi Indonesia. Konzerthaus berada tidak jauh dari Museum Island dan merupakan tempat orkestra terbaik. Memang warga Berlin sangat menyukai musik, tidak heran banyak gedung pertunjukan musik di sini. Jika Konzerthaus bernuansa serius, Berlin Philharmonic menjadi pilihan orang yang ingin menikmati musik klasik dengan suasana kasual. Gedung ini malah memiliki toko yang menjual rekaman musik, buku, hingga suvenir yang berhubungan dengan musik. Perjalanan kembali AUGUST / 2012

26

menuju hostel membawa saya melewati suatu monumen yang menjulang tinggi berada di tengahtengah putaran jalan. Victory Column atau biasa disebut Siegessauel nama monumen terbuat dari emas dan didirikan sebagai lambang kemenangan. Pada hari terakhir di Berlin, saya menuju museum yang menampilkan DAY informasi sejarah perang NAZI. Buat saya yang penasaran dengan 4 Hitler, ini adalah tempat yang pas. Topography of Terror, dari namanya saja sudah seram. Museum yang terletak di wilayah markas NAZI ini memberikan segala informasi secara lengkap tentang kekuasaan Nazi

Altes Museum


Neues Museum

TEKS: DYAH PRATAMA FOTO: DYAH PRATAMA, ISTIMEWA

Topography of Terror dan kepemimpinan Hitler. Di samping bangunan ini juga masih berdiri Tembok Berlin. Foto-foto, dokumen, surat, dan lembaran kertas dipamerkan di museum Ini. Siapa yang tidak tahu kediktatoran Hitler yang berwajah yang sangar dan beringas? Anda akan menemukan semua informasi di sini. Tembok Berlin yang berada di samping Topography of Terror terlihat polos dan tidak terlalu panjang, berbeda dengan bagian tembok yang saya kunjungi sebelumnya. “You Are Leaving The American Sector�, demikian kata-kata yang terpampang di papan kayu yang terdapat di sebuah sisi jalan Friedrichstadt. Ya, kami berada di area Checkpoint Charlie. Pada masa lalu, tempat ini merupakan tempat pemeriksaan orang-orang yang ingin melintasi perbatasan antara Jerman Barat dan Jerman Timur. Pemerintah masih menampilkan bentuk gardu keamanan dengan tumpukan karung, persis seperti keadaan di masa lalu. Ada pula penjaga berseragam militer yang memegang bendera AS

untuk mengenang sejarah pada waktu itu. Jangan bayangkan penjaga dengan muka seangker Hitler, karena di sini penjanganya tampan dan cantik! Benar-benar menarik para wisatawan. Tidak hanya foto-foto di area jalan saja, saya juga masuk ke Museum Checkpoint Charlie untuk mendapatkan informasi mengenai sejarah Jerman dan Berlin. Pihak museum memasang rapi foto-foto dan sejarah tentang Berlin dan Tembok Berlin tentunya. Di sekitar Checkpoint Charlie banyak terdapat tokotoko yang menjual suvenir khas Berlin, termasuk potongan batu kecil yang katanya berasal dari tembok Berlin. Entah sejauh mana dapat dipercaya. Sudah waktunya mengucapkan selamat tinggal ke kota Berlin. Puas saya mengenang sejarah yang dari kecil sudah saya baca yaitu Tembok Berlin. Perpaduan modern dan klasik kental sekali dengan kota ini. Kota yang ramah dan tidak kaku, berbeda dengan yang saya bayangkan sebelumnya. Benarbenar kejutan yang menyenangkan.

!

Biasanya hostel/hotel backpacker mengadakan tur gratis keliling kota. Ada baiknya bertanya ke resepsionis.

Berlin penuh dengan museum dan bangunan tua. Tentukan mau ke mana saja dan lihat peta untuk menentukan rute. Seperti negara Eropa lainnya, air mineral dijual mahal, jadi lebih baik bawa botol dan diisi ulang di keran-keran yang ada. Harga makanan di Berlin sekitar 6 Euro dan porsinya tidak terlalu besar sedangkan untuk minuman sekitar 2 Euro.

27 AUGUST / 2012


Mulai 121,5 Euro/ malam

Dengan membayar 5-10 Euro, Anda dapat masuk ke klub di Berlin dan merasakan salah satu scene paling hip di Eropa. nhow Berlin (www.nhow-hotels.com) Terletak di tepi Sungai Spree, hotel ini menawarkan tema musik yang kental, termasuk studio musik untuk rekaman. Mulai 11,9 Euro/ orang/ malam

Tresor (tresorberlin.com) Terletak di Mitte, tepatnya di dalam sebuah pembangkit listrik tua, Mungkin inilah klub techno paling terkenal dan hip di Berlin. 40 Seconds (www.40seconds.de) Elevator membutuhkan 40 detik untk mencapai dance floor. Klub ini menawarkan 3 teras atap, sebuah area makan, dan pemandangan yang menakjubkan.

BUDGET Plus Berlin (www.plushostels.com) Hostel yang terletak di area belanja Friedrichshain ini menawarkan kamar khusus wanita dan fasilitas kolam renang.

Etihad Airways, Qatar Airways, Air Berlin, KLM, dan Turkish Airlines menyediakan penerbangan transit menuju Berlin dari Jakarta. Jika Anda memasuki Berlin dari bagian Eropa lainnya, gunakan Berlin Linienbus atau kereta ICE, InterCity, EuroCity, dan lainnya. Gunakan Berlin CityTourCard (mulai 16,9 Euro) atau Berlin WelcomeCard (mulai 17,9 Euro) untuk akses transportasi gratis dan berbagai diskon lainnya. Kereta, Bus, Trem: mulai 2,3 Euro. Sepeda: sewa mulai 7,5 Eurohari. Skuter: sewa mulai 5 Euro/jam. Kaufhaus Des Westens (KaDeWe): Pusat perbelanjaan lengkap dengan pilihan tempat makan yang menggiurkan. Friedrichstraße: Area belanja dengan berbagai toko dan pusat perbelanjaan. Flea Market: Straße des 17. Juni, Mauerpark (Minggu), Arkonaplatz (Minggu).

AUGUST / 2012

28

Ya/tidak: ja/nein Tolong/terima kasih: Bitte/ danke Halo: Guten Tag Selamat tinggal: Auf wiedersehen Berapa harganya?: Wieviel kostet das? Rasanya enak!: Es schmeckt ausgezeichnet! Di mana toiletnya?: Wo ist die Toilette? Kartu SIM prabayar yang sering digunakan adalah T-Mobile, O2, Vodafone, dan Fonic. 220-240 volt dengan colokan yang serupa dengan Indonesia.

Pesawat Jakarta-Berlin PP Rp 12.000.000 Visa 60 Euro Airport Tax Soekarno-Hatta Rp 150.000 Hostel (15 Euro x 3 malam) 45 Euro

Day 1

Burgermeister Berlin WelcomeCard (5-day) East Side Gallery

Day 2

City Tour Unter Den Linden Parizer Platz Brandenburger Tor Reichstag The Holocaust Memorial Lunch & Dinner

FREE

20 Euro

Day 3

Museum Island Altes Museum Neues Museum Lunch & Dinner

Day 4

Summer: Juni-Agustus (peak season) Winter: November-Maret Pada bulan April, Mei, September, dan Oktober, cuaca tidak dapat diprediksi, tapi Anda dapat liburan tanpa harus berdesakan.

6 Euro 30,9 Euro FREE

8 Euro 10 Euro 20 Euro

Topography of Terror Checkpoint Charlie Museum Lunch

TOTAL *1 Euro = Rp 12.000

FREE 9,5 Euro 10 Euro

Rp 14.782.800


urba n stor y

Fleeting Markets Jangan ketinggalan, bazaar-nya hanya sampai hari ini!

W

arga Jakarta memang senang belanja, terutama jika berbelanja barang favorit dengan harga diskon atau spesial. Fenomena yang terjadi beberapa tahun belakangan ini adalah maraknya pasar temporer seperti weekend bazaar, garage sale, ataupun Sunday market yang mengadaptasi kebiasaan orang luar. Pelaksanaan Sunday market sudah pasti hanya pada hari Minggu, sementara banyak weekend bazaar dimulai sejak hari Jumat. Jika diamati di milis khusus bazar maupun milis jualan, setiap hari makin banyak pemula yang ingin sekali mengikuti kegiatan pasar temporer ini, baik di area weekend bazaar, pameran di perkantoran, maupun Sunday market. Jika mau melirik ke beberapa waktu lalu, marak AUGUST / 2012

30

terdengar pasar kaget tiap hari Minggu di pinggiran kota Bogor maupun yang terkenal hingga saat ini di wilayah Kalibata Stekpi. Beberapa pasar dalam skala yang lebih kecil dapat diamati melalui kegiatan bazar akhir pekan dan garage sale di lapangan Blok S. Ada pula yang mengambil tempat di halaman rumah maupun halaman toko tertentu. Saya sempat bertanya kepada beberapa teman yang senang datang ke Sunday Market atau pasar kaget pada hari Jumat sampai Minggu, dan jawaban mereka cukup beragam. “Seneng aja ngadukngaduk barang yang ada, siapa tahu nemu barang yang diperlukan,� ujar seorang teman. Pendapat lain mengatakan bahwa harganya cenderung bisa


TEKS: TARI SU FOTO: TARI SU, ISTIMEWA

ditawar sehingga bisa dapat harga lebih murah. Ada juga yang pergi karena mencari jajanan enak. Tidak semuanya komentar positif, ada yang merasa pasar temporer kotor, terlalu ramai, melelahkan, banyak barang palsu, bahkan takut terhadap copet. Terlepas dari padat, berdebu, dan panas, menjelajah pasar kaget di akhir pekan untuk saya sendiri merupakan sebuah alternatif belanja yang lebih menarik. Saya sering dapat mencicipi masakan seperti gudeg, nasi pecel, hingga dimsum yang enak dan murah. Di mana lagi bisa dapat dimsum enak dan hangat dengan harga Rp. 2000 per buah?

Barang-barang yang dijual pun bisa sangat murah dan sering memberi ide untuk dijual lagi. Kegiatan ini juga memberi peluang kepada pedagang keliling maupun pedagang online atau musiman untuk mendapatkan nafkah tambahan dan mendapatkan pelanggan baru selain melayani pelanggan setianya. Pembeli juga diuntungkan karena dapat melihat sendiri barangnya dan mendapatkan barang-barang kebutuhan seharihari dengan harga yang sangat bersaing seraya menyalurkan hobi menawarnya.

31 AUGUST / 2012


exp lore

Enjoying Free

ISTANBUL Simpan dompet Anda, karena eksplorasi Istanbul kali ini menawarkan atraksi wisata tanpa biaya.

AUGUST / 2012

32


Wajah Purba Nusa Tenggara Timur Keindahan alam yang seakan berhenti di masa lalu, lengkap dengan pesona satwa purba asli Indonesia.

33 AUGUST / 2012


Kawasan moderen istabul dilihat dari seberang Golden Horn

K

ota Istanbul terlihat dari balik jendela pesawat beberapa saat setelah cabin crew mengumumkan sebentar lagi pesawat akan mendarat di bandara internasional Ataturk. Seiring pesawat menurunkan ketinggiannya di pagi yang cerah itu, minaret-minaret menjulang tinggi menghiasi padatnya garis cakrawala kota Istanbul. Untuk ukuran backpacker dari Asia Tenggara, berwisata ke Eropa tidaklah bisa dikatakan murah mengingat jarak yang jauh. Di Istanbul, setibanya di bandara saya harus mengeluarkan uang sebesar 25 USD untuk membeli Visa on Arrival. Menurut buku panduan yang saya bawa, biaya rata-rata yang dibutuhkan per hari untuk backpacker budget berkisar dari 37-49USD per hari termasuk menginap, makan, dan tiket masuk yang rata rata seharga 20 Lira ke atraksi wisata yang populer di kalangan turis. Namun budget tersebut masih bisa ditekan tanpa harus mengorbankan kenyamanan dan kualitas perjalanan menikmati kota tempat berleburnya budaya Timur dan Barat.

AUGUST / 2012

34

Untuk backpacker yang memiliki budget terbatas atau ingin berhemat, Istanbul menyediakan banyak pilihan atraksi wisata yang tidak dikenakan bayaran. Terlebih lagi atraksi utama wisata kota Istanbul terpusat di kawasan yang berdekatan, mulai dari kawasan kota tua Sultanahmed ke kawasan kota modern Beyoglu dan dilintasi oleh fasilitas inftastruktur jalan dan transportasi yang sangat baik. Dengan bantuan peta yang tersedia secara cuma-cuma di bandara, sangat memungkinkan menelusuri kawasan ini dengan berjalan kaki mulai dari kawasan Sultanahmed, Sirkeci, Eminonu, Karakoy, hingga Beyoglu. Saya memilih menginap di Cordial House Hotel di kawasan Chemberlitas. Lokasinya yang hanya berjarak beberapa langkah dari stasiun trem dan Divanyolu Square, tempat berdirinya Column of Constantine yang merupakan proyek paling pertama Constantine the Great untuk merayakan berdirinya kota Byzantium sebagai ibu kota yang baru dari Kekaisaran Roma. Kini menara setinggi


Grand Bazaar 35 meter ini lebih dikenal dengan nama Burnt Column dan terdaftar sebagai situs warisan dunia. Tidak jauh dari Divanyolu Square, jalan menurun yang di kedua sisinya dipenuhi oleh toko penjual suvenir membawa saya tiba di jantung kota tua Istanbul yang sudah berdiri sejak beberapa abad yang silam. Grand Bazaar yang didirikan sejak tahun 1461 memiliki lebih dari 5.000 kios yang tersebar di 64 jalan. Sangat memungkinkan Anda tersesat di dalam labirin jalan yang membingungkan dan dipadati hampir 400.000 pengunjung setiap harinya. Dibutuhkan paling tidak tiga jam untuk menelusuri Grand Bazaar atau menikmati atmosďŹ r Istanbul masa lalu dengan sekedar duduk di kafe sambil melihat ramainya orang berlalu lalang. Kembali ke Chemberlitas, saya berjalan mengikuti jalur rel trem menuju ke kawasan Sultanahmed tempat banyak berdiri karya arsitektur bersejarah yang dibangun pada era Byzantine dan Ottoman. Dari kejauhan terlihat 6 buah minaret berdiri

tegak mengelilingi kubah berukuran besar Blue Mosque yang dibangun oleh kaisar ke-14 kekaisaran Ottoman antara tahun 1609-1616 untuk menandingi keindahan dan kemegahan Gereja Hagia Sophia tepat di seberangnya. Konon Blue Mosque saat ini berawal dari kesalahpahaman antara keinginan Sultan dan arsiteknya. Awalnya sultan menginginkan masjid ber-minaret terbuat dari emas (altin dalam bahasa Turki) tetapi sang arsitek mengartikan masjid dengan 6 (alti) minaret. Nama Blue Mosqe berasal dari 20.000 keping keramik Iznik berwarna biru berbentuk pola tradisional Ottoman dengan bunga lily, carnation, dan tulip yang menghiasi langitlangit masjid. Interior masjid menjadi lebih indah dengan masuknya sinar matahari melalui 260 jendela berkaca patri yang berada di sekeliling dinding kubah Masjid. Di Turki, semua bangunan masjid boleh dimasuki pengunjung non-muslim asalkan berpakaian sopan

35 AUGUST / 2012


Blue Mosque dan memenuhi peraturan masjid. Memasuki Blue Mosque tidak dikenakan bayaran, tetapi untuk yang mau menyumbang tersedia kotak amal di pintu keluar masjid. Di seberang Blue Mosque terdapat Sultanahmed Square yang dulunya disebut Hippodrome karena merupakan lapangan pacuan kuda terbesar di dunia. Pembangunan Hippodrome dimulai pada abad 203AD oleh kaisar Roma Septimius Severus dan diselesaikan oleh Constantine Agung pada abad 330AD. Hippodrome yang pada saat itu bertempat duduk 100.000 juga digunakan sebagai tempat upacara, kegiatan olah raga, kegiatan sosial, bahkan tempat eksekusi. Kini tidak banyak yang tersisa, hanya 3 buah monumen yang masih berdiri. Salah satunya adalah obelisk yang berasal dari Mesir 1490 SM yang dibawa oleh kaisar Roma ke Istanbul pada abad ke-4. Obelisk setinggi 25,6 meter yang terbuat dari batu granit langka berwarna merah muda ini berdiri di atas balok perunggu dengan ukiran penonton yang sedang menyaksikan lomba pacuan kereta. Di sisi yang lain dari Sultanahmed Square juga terdapat air mancur sebagai hadiah untuk Sultan Abdulhamit AUGUST / 2012

36

dan rakyatnya yang diberikan oleh kaisar Jerman Wilhelm II pada tahun 1898 sekaligus untuk memperingati bersekutunya Jerman dan Ottoman. Tepat di depan Blue Mosque terdapat Gulhane Park, taman bagian depan dari Istana Topkapi yang dihuni oleh para sultan Ottoman selama hampir 400 tahun. Gulhane Park terletak di atas bukit dengan pemandangan bebas ke Laut Marmara dan Selat Bosphorus.Yang tidak kalah menariknya sebelum memasuki Gulhane Park adalah Hagia Sophia. Gereja yang dibangun pada tahun 537 oleh Justinian, kaisar Byzantine ini pernah menjadi gereja termegah dan terbesar di dunia

Penting! Untuk pengalaman kuliner yang unik, coba Balik Elmek atau sandwich ikan yang dijual di perahu terapung sepanjang dermaga Eminonu. Harganya 5 Lira saja. Oleh-oleh aneka lukisan keramik di Grand Bazaar bisa didapat mulai 2 Lira per barang.


Gulhane Park

TEKS & FOTO : KASMAN TASLIM

Yeni Camii Mosque hingga akhirnya dijadikan sebagai masjid pada tahun 1453 oleh Sultan Mehmet ketika berhasil mengalahkan Constatinople. Tokoh sekuler Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Republik Turki kemudian menjadikan Hagia Sophia sebagai museum pada tahun 1935. Atraksi menarik lainya selain di kawasan Sultanahmed adalah Eminonu, kawasan pelabuhan tepat di mulut Selat Boshporus yang memisahkan kota Istanbul menjadi dua. Dari Eminonu, benua Asia terlihat sangat dekat dan selalu disibukkan oleh lalu lalangnya ferry yang membawa penumpang

menyeberang antara benua Asia dan Eropa. Ada beberapa atraksi wisata menarik di sekitar Eminonu. Yeni Camii Mosque, juga dikenal sebagai New Mosque, dibangun jauh sebelum Blue Mosque pada tahun 1597. Yeni Cami memiliki halaman yang megah dengan air mancur tempat wudhu terletak di tengahnya. Terdapat 2 minaret dan 66 kubah yang bertingkat. Interiornya dipenuhi oleh dekorasi batu marmer dan keramik Iznik berwarna emas, putih, biru, dan hijau. Seperti kebanyakan masjid di Turki, masjid ini didesain sebagai kompleks dengan beberapa fasilitas

37 AUGUST / 2012


kafe, bar, galeri seni, museum, restoran, bioskop, bangunan religious, dan kedutaan besar di kedua sisi jalan dengan beragamnya bangunan, dari yang berarsitektur klasik hingga modern. Penghujung Istiklal Caddesi adalah Taksim Square, ruang terbuka yang ramai dikunjungi masyarakat lokal. Perjalanan saya ke Istanbul kali ini membuktikan bahwa menikmati sebuah kota tidak perlu mengikuti itinerary tur populer. Cukup buka mata dan nikmati segala detail yang Anda temui, dari dekat maupun jauh. Dompet Anda juga bisa beristirahat selama Anda berada di Istanbul.

keagamaan dan kebudayaan setempat seperti rumah sakit, madrasah, dan fasilitas pendidikan, pemandian umum, pancuran air, dan pasar. Satu fasilitas pendukung masjid yang masih bertahan hingga saat ini adalah Egyptian Bazaar atau juga dikenal sebagai Spice Bazaar. Hasil dari sewa kiosnya digunakan untuk kepentingan pemeliharaan Yeni Camii Mosque. Untuk menyeberangi Teluk Golden Horn terdapat Galata Bridge, jembatan sepanjang 500 meter yang menghubungkan kota tua Istanbul dan kota modern di kawasan Beyoglu. Selain dapat dilalui kendaraan beroda empat, jembatan ini juga menyediakan jalur trem dan pejalan kaki. Galata Bridge ramai dikunjungi pemancing ikan serta masyarakat lokal yang mencari jajanan dari pagi hingga malam. Di bawah Galata Bridge terdapat deretan rumah makan dan kafe yang menjajakan teh dan kopi serta berbagai makanan laut. Dari Galata Bridge, terlihat pemandangan kota tua Istanbul dengan bangunan masjid Ottoman dan minaretnya yang menjulang, Galata Tower. Jangan lupa mencoba Balik Elmek, makanan yang menjadi ciri khas Eminonu berupa sandwich ikan panggang seharga 5 Lira yang dibuat dan dijual di atas perahu. Selepas melewati Galata Bridge dan Galata Tower, saya memasuki Istiklal Caddesi di kawasan modern Istanbul. Jalan yang berada di kawasan Beyoglu ini juga disebut Grand Avenue dan dilintasi jutaan manusia setiap harinya. Terdapat pertokoan, AUGUST / 2012

38

Qatar Airways melayani rute Jakarta-Istanbul dengan transit di Doha 7 kali seminggu. Turkish Airlines melayani rute Jakarta-Istanbul direct.

Cordial House Hotel Binbirdirek Mh. Peykhane Caddesi 19 34400 IstanbĂşl, Turki T: +90 0212 518 0576 W: www.cordialhouse.com Mulai 15USD/malam

M

emang benar ucapan orang, semakin menjelajah Indonesia bagian Timur, pemandangan alamnya semakin indah. Sudah saya buktikan ketika mengunjungi Labuan Bajo dan PulauBerkeliling Komodokota di Provinsi Timur. Istanbul Nusa palingTenggara mudah menggunakan trem, sekali jalan 2 Lira atau berjalan kaki. Bisa juga menggunakan bus city tempat sightseeing dengan tarif sekitar Labuan Bajo merupakan persinggahan Rp 245.000 per orang (www.city-sightseeing.com). awal saya dari beberapa tujuan wisata yang akan dikunjungi. Pertama, saya memutuskan untuk mengunjungi sebuah gua di bukit batu dekat bandara yang dikenal dengan nama Batu Cermin. Namanya didapat dari sinar matahari Pesawat Jakarta-Istanbul yangPP masuk dalam gua melalui lubang dan (Qatarke Airways) Rp 9.100.000 Airportmemantul Tax Rp 150.000 kemudian ke dinding batu, seolah-olah Visa on arrival Rp 240.000 mere eksikan cahaya seperti sebuah cermin. Gua Pengeluaran harian ini memiliki banyak lorong dan dipenuhi dengan Transportasi Rp 63.000/hari stalagtit dan stalagmit. Saya juga menemukan Penginapan Rp 144.000/hari fosil terumbu karang dan penyu yang memperkuat Makan dan minum Rp 96.000/hari dugaan bahwa gua ini merupakan bagian palung Total pengeluaran harian Rp 303.000 laut di masa lampau.


logb ook : stay

Basking in Affection Hotel mewah dengan sentuhan hangat nan personal.

S

aat liburan singkat ke Bandung, tidak ada salahnya memilih hotel yang nyaman untuk beristirahat setelah lelah seharian belanja dan berkeliling. Berlokasi di Jalan Aceh, Bandung, posisi Hotel Amaroossa sangat strategis dan dekat dengan pusat belanja Bandung atau Factory Outlet, pusat perkantoran, serta tempat wisata kuliner di Jalan Riau dan juga di Jalan Dago.

Ada satu hal yang unik dari hotel butik bintang 4 yang penuh dengan sentuhan personal, yaitu konsepnya “Stay in Love� dimana desain ini diciptakan dari cinta dan kasih sayang seorang ibu kepada anak-anaknya, begitu juga sebaliknya cinta dari anak-anak kepada ibunya yaitu Amalia Roosseno, pemilik hotel yang namanya turut menjadi inspirasi nama dari Hotel Amaroossa. Dan sentuhan personal ini tercermin pada penataan kamar-kamar mulai dari tipe Deluxe hingga President Suite. Suasana berbeda dapat Anda rasakan sejak dari depan pintu hotel. Ada nuansa romantis dan hangat yang ditawarkan hotel yang telah beroperasi selama AUGUST / 2012

40

lebih dari setahun. Saat ini jumlah kamar sudah ditambah menjadi 90 kamar dari 60 kamar. Menurut PRM Hotel Amaroossa, penambahan kamar ini untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas yang ingin berlibur dengan suasana yang berbeda. Akses WiFi gratis di hotel ini membuat para tamu tetap dapat terhubung dengan dunia maya sambil bekerja. Fasilitas lainnya cukup lengkap seperti ruang pertemuan, kolam renang, bar, coee shop, dan restoran yang nyaman dengan desain interior yang hangat. Bagi Anda yang ingin relaksasi, silahkan menjelajahi spa yang menawarkan pilihan perawatan lengkap, mulai dari Chocolate Spa hingga Traditional Treatment. Tersedia pula sebuah Gym dengan besar yang cukup dan peralatan lengkap untuk menjaga kebugaran selama liburan. Sebelum menyusun rencana liburan, jangan lupa cek paket yang tersedia, mulai dari Honeymoon Package, Wedding Package, hingga Birthday Package dengan harga yang terjangkau.


TEKS: TARI SU FOTO: DOK. HOTEL AMAROOSSA

Free Internet Access Drivers Room Kids Corner Shuttle Service Wellness Center Massage Fitness

Hotel Amaroossa Bandung Jalan Aceh 71A Bandung T: +62 22 422 2221 E: rsv@amaroossahotel.com W: www.amaroossahotel.com

Mulai

Rp 1.500.000

per malam

41 AUGUST / 2012


logb ook : sho p

M

Be Dandy And Preppy! Bergaya subculture ala remaja Inggris tahun 60-an bersama Wondersoul Jakarta.

AUGUST / 2012

44

od yang berasal dari kata Modernist merupakan salah satu subculture yang berasal dari London, Inggris. Hangat dibicarakan dan dijadikan salah satu main style para remaja London sekitar tahun 1950 sampai dengan pertengahan tahun 1960, para remaja tersebut juga menjadi penyebar mod style pada saat itu. Karakteristik fashion yang paling terlihat pada gaya ini adalah, para pria dengan bangga menggunakan tailored suits and button down shirts. Mod style ini juga banyak terpengaruh dari culture pop art yang pada saat itu memang sedang marak digandrungi oleh para remaja London. Wondersoul merupakan clothing line yang mengangkat British subculture era 60-an di Inggris. “Kami ingin mengangkat kawwrakter basic roots yang kami pilih sebagai gaya kami, yaitu British subculture era 60-an. Tapi tentunya gaya


TEKS: WILMA HARTYANDARI

tersebut sudah kami gabungkan dengan tren yang sesuai dengan jaman sekarang.” Jelas Iqbal dan Agung sebagai pencetus Wondersoul. Selain itu, Wondersoul juga ingin menunjukan bahwa produk lokal memang tidak kalah kualitasnya apabila dibandingkan dengan produk luar dengan tema yang sama yang memang tengah marak digandrungi remaja Jakarta belakangan ini. Dengan berbagai macam pilihan desain, membuat Wondersoul menjadi pilihan bagi Anda yang ingin bergaya dandy dan preppy. Mulai dari kemeja sampai t-shirt tersedia disini. “Sampai saat ini, kami masih mengembangkan dan terus berinovasi dengan produk kami supaya tetap dapat diterima di masyarakat.” Tambah Agung menjelaskan. Walaupun Wondersoul berangkat dari sebuah komunitas tertentu, namun mereka ingin produkproduk mereka juga dapat digunakan oleh komunitas-komunitas lain, tidak hanya terbatas dengan komunitas mereka saja.

Melabel produk-produk mereka dari harga Rp.165.000 sampai dengan Rp. 250.000,- tentunya sangat sesuai dengan kocek para remaja ibu kota. “Kami ingin menunjukan bahwa kami tetap menjaga kualitas semua produk kami, walaupun harga yang kami pasang tidak terlalu mahal.” kata Iqbal.

Wondersoul Jakarta T: 021-92973479 Twitter: @wondersoul_jkt W: wondersouljakarta.tumblr.com/

45

AUGUST / 2012


logb ook : dine

It’s More Than A Place

For Food And Drinks! Marley Bar adalah tempat tepat yang harus Anda tuju untuk bersenang-senang.

M

Marley Bar merupakan tempat yang harus dituju ketika Anda letih menghadapi kepenatan rutinitas, bersenang-senang bersama temanteman atau sekedar menikmati suguhan musik yang dapat membuat Anda melupakan kepenatan dan membuat Anda menjadi lebih rileks. Lampu temaram serta sofa-sofa yang mengisi ruangan tempat ini akan membuat Anda merasa nyaman,apalagi ditambah dengan suguhan menu makanan dan minuman yang bervariasi. Tempat ini memiliki berbagai macam pilihan menu minuman, baik yang beralkohol maupun yang tidak beralkohol. Toronjada, salah satu menu minuman tidak beralkohol yang tersedia di sini merupakan AUGUST / 2012

46

TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: EKO ANDI P.

encari hangout place yang seru di Jakarta sangatlah mudah, kafe, lounge ataupun bar banyak bertebaran di setiap sudut ibu kota Jakarta ini. Dan nampaknya di era urban seperti ini pergi ke tempat-tempat seperti itu dijadikan salah satu gaya hidup oleh kaum urban saat ini. Masing-masing menawarkan banyak promosi untuk menarik para tamu ke tempat mereka.


salah satu signature drink Marley Bar. Campuran buah markisa, jeruk, lime, serta crushed ice dan soda akan menyegarkan waktu Anda disini. Selain itu, Passion Fruit, Kiwi Lychee merupakan nonalcohol drink yang banyak dipesan oleh para tamu. Apabila Anda ingin membuat malam semakin seru, saya menyarankan One Love, Marley’s Angel atau Stout Berry. Minuman tersebut merupakan beberapa pilihan minuman beralkohol yang tersedia disini. Pada Departemen makanan, Marley Bar juga memberikan variasi menu makanan yang banyak. Spicy Mushroom atau Marley Fried Bread merupakan beberapa pilihan menu kudapan dengan rasa unik dan pastinya akan menggoda Anda untuk semakin ingin mencoba menu utama yang tersedia disini. Untuk menu utama, Marley Oxtail Soup adalah menu yang paling sering dipesan. Selain itu, Chicken BBQ Sauce atau Chicken Curry juga harus Anda coba apabila Anda bertandang ke Marley Bar ini. Marley bar is the right place if you’re looking for a special experience!

Marley bar The Energy Building, 2nd Floor Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53 E: more@marleybar.co.id T:@marleyjakarta Tel: 021 5296 1199

Makanan Rp. 30000 – Rp. 125000 Minuman Rp. 25000 – Rp. 120000

Senin-Kamis 11.00 – 12.00 Jumat-Sabtu 11.00 – 02.00

Selain banyak program promo yang harus Anda coba, this place comes with good music and good ambience!

47 AUGUST / 2012


uniq ue lodg e

The Essential Tunes Saat musik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup.

J

ika sebuah hotel didirikan di tengah gedung Universal dan MTV, tidak heran jika musik menjadi tema besar yang mewarnainya. nhow Berlin berlokasi di jantung kreativitas dan gaya hidup Berlin di distrik Friedrichshain dan Kreuzberg, tepat di pinggir Sungai Spree. Tak jauh dari hotel, Anda akan menemukan berbagai bar dan klub termasuk O2 World, venue konser terbesar di Berlin. Hotel-hotel lain di Eropa sekalipun tidak akan bisa menyaingi fasilitas nhow Music Sound Floor. Di ketinggian yang menyajikan pemandangan atap bangunan-bangunan di sekelilingnya, dua mixing studio yang dilengkapi dengan teknologi canggih dan dijalankan oleh nhow Berlin bekerja sama dengan Lautstark Music GmbH / RenĂŠ Rennefeld, yang juga mengelola studio legendaris Hansa yang telah menangani artis seperti REM dan U2, demi memenuhi standar internasional.

AUGUST / 2012

48


TEKS: CITA ARSITA FARANI FOTO: DOK. NH HOTELES

Saat Anda kembali ke kamar, masih banyak kejutan yang dapat Anda temukan. Desain interior kontemporer dengan nuansa warna yang dapat Anda pilih dilengkapi dengan teknologi yang menambah kenyamanan Anda. Namun yang paling mewah adalah nhow Suite seluas 260 meter persegi yang memiliki roof terrace sendiri dan akses langsung ke studio musik. Berbagai fasilitas musik tersebut bukan berarti hanya musisi profesional yang dapat menikmati hotel ini. Pecinta atau penikmat musik biasa dapat menikmati koneksi iPod di setiap kamar, acaraacara musik di Summer Terrace, maupun meminjam gitar dari room service. Fasilitas lainnya yang dapat dinikmati para tamu hotel adalah All Day Restaurant dengan pemandangan langsung ke Sungai Spree dan teras luas untuk dinikmati saat cuaca cerah. Temui rekan bisnis dari label rekaman atau gelar pesta untuk merayakan selesainya lagu terbaru Anda dengan ruang multifungsi yang tidak kalah megahnya. Mau sentuhan unik saat coee break? Pamerkan keahlian Guitar Hero Anda!

Music studio Music lounge Wellness center Restaurant Bar/Lounge Gallery Terrace Conference center Business center Free WiFi (public area) nhow Berlin Stralauer Allee 3 10245 Berlin T: +49-(0) 30-290 299 0 E: berlin@nhow-hotels.com W: www.nhow-hotels.com

Mulai

130 Euro per malam

49 AUGUST / 2012


advent ure

MENELUSURI LAUTAN PASIR BROMO Tempat yang penuh keramahan dan ketenangan alam.

AUGUST / 2012

50


51 AUGUST / 2012


S

aya rasa hampir semua traveller mengenal Bromo, salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Indonesia. Gunung Bromo terletak di wilayah Jawa Timur, dekat Kota Sukapura. Berdiri dengan ketinggian 7.641 kaki dari permukaan laut dan telah meletus puluhan kali sejak tahun 1767. Masyarakat Bromo dikenal sebagai Suku Tengger, dan mayoritas dari mereka beragama Hindu. Perjalanan saya ke Gunung Bromo berlangsung selama kurang dari seminggu, dan jelas saya masih merasa kurang puas. Bromo sebenarnya memiliki lebih dari satu akses masuk, namun saya memilih untuk masuk melalui rute Probolinggo – Cemoro Lawang. Saya berangkat dari Jakarta naik bus, mengikuti perjalanan sampai ke Malang selama lebih dari 24 jam pada waktu itu, sebelum berlanjut lagi ke Kota Probolinggo. Perjalanan dari terminal bus Probolinggo ke Bromo sendiri memakan waktu kurang dari dua jam naik mobil ELF (atau elep dalam pengucapan setempat) melalui jalanan menanjak yang curam berliku. Saya sempat berpikir untuk naik becak motor disini, namun semua tukang yang saya tanyakan menolak mentah-mentah seraya tertawa. AUGUST / 2012

52

“Gusti Allah! Bisa masuk angin dan rontok becak saya naik ke Bromo, dek!� jawab salah satu tukangnya. Saya sendiri hanya terkekeh mendengarnya, karena saat itu saya memang belum tahu seperti apa jalan menuju Desa Cemoro Lawang. Negeri di atas awan, saya rasa itu julukan yang tepat untuk Desa Cemoro Lawang tempat tinggal Suku Tengger yang bersebelahan dengan Bromo ini. Saya melihat sebuah desa yang ramai dengan wisatawan baik dari luar maupun dalam negeri, mobil-mobil Jeep gagah yang diparkir di pinggiran jalan, dan kuda-kuda kekar berpelana yang dituntun menelusuri jalan. Keramahan orangorang Tengger terasa kental di sini, dan rasanya sungguh menyenangkan. Setelah mendapatkan penginapan, saya pun memilih untuk menjelajahi Bromo dengan cara yang tak biasa dan semampu yang saya bisa. Tidak dengan naik motor, memacu kuda, menyewa Jeep, ataupun gowes sepeda. Saya telah memutuskan untuk bersentuhan dengan kemegahan Bromo dengan cara berjalan kaki.


Gunung Bromo sebenarnya memiliki banyak sight spot bagus yang bisa dikunjungi, namun saya tak memiliki waktu untuk melihat semuanya, terlebih cuaca pada waktu itu cenderung hujan. Hari pertama saya turun ke bawah bersama seorang kawan menelusuri Lautan Pasir menuju Pura Luhur Poten Bromo yang sering dijadikan lokasi upacara Yadnya Kasada. Upacara ini ditujukan untuk meminta berkah dan keselamatan, yang sayangnya tidak bisa saya saksikan karena memang bukan waktunya. Selain untuk upacara, pura suci ini dilarang untuk dimasuki oleh pengunjung. Menyaksikan Lautan Pasir dengan berjalan kaki memiliki sensasi unik tersendiri. Dengan kabut yang tebal dan kesunyian yang mendalam, saya merasakan ketenangan yang mengikat di tanah Bromo. Berbeda dengan keramaian yang ada di Cemoro Lawang. Besoknya, kami mencoba untuk berjalan lebih jauh menuju ke Bukit Teletubis dan Padang Savana,

melewati Pasir Berbisik yang terletak di sisi Barat Bromo. Jika memilih untuk berjalan kaki, usahakan untuk memakai sepatu, karena jika memakai sendal gunung seperti saya, kaki sudah pasti dekil penuh pasir gak karuan. Jangan lupa bawa bekal karena perjalanannya bisa lebih dari setengah hari. Berjalan kaki di Bromo sebenarnya cukup menyenangkan, bersentuhan langsung dengan tanah, lumpur dingin, hamparan ilalang, dan kabut yang membutakan. Mobil Jeep lalu lalang, sepeda gunung berseliweran, motor tril meraung-raung, dan kudanya tertinggal entah di mana. Saya tak bertemu wisatawan lokal yang berjalan kaki di sini, hanya bule-bule dan orang-orang Tengger sendiri. Pasir Berbisik memang sesuai dengan julukannya. Saya merasakan nuansa asing yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Melangkah di tengah Pasir Berbisik seperti melangkah di tengah pusaran angin yang bergerisik. Sementara di Padang Savana, pemandangan kuning bercampur hijau

53

AUGUST / 2012


AUGUST / 2012

54


Jakarta – Probolinggo: Pesawat Jakarta-Surabaya -> Bus ke Probolinggo Bus dari Terminal Jakarta – Probolinggo Kereta dari Stasiun Jakarta – Probolinggo Probolinggo – Cemoro Lawang: Mobil ELF di luar Terminal Probolinggo.

Cafe Lava T: +62 335541020 Mulai Rp 120.000/malam Yoschi’s Guest House T: +62 335541018 Mulai Rp 100.000/malam

!

Jangan lupa bawa pakaian hangat, kaus kaki, dan sarung tangan karena udaranya jelas dingin terutama di waktu malam. Usahakan pakai sepatu ketika turun ke Bromo.

TEKS & FOTO: RAMA S. NUGRAHA

Bawalah uang yang cukup karena ATM di Bromo sudah tidak aktif. Sedangkan ATM terdekat berada jauh di dekat Terminal Probolinggo.

cantik terhampar seluas mata memandang. Angin sejuk berhembus lembut menyapu wajah letih saya. Sayang, saya tak bawa tenda untuk bermalam di sini. Melewati siang hari, Bukit Teletubis menjadi titik akhir yang kami sanggup jelajahi dengan berjalan kaki. Ada sebuah warung kecil terbuka yang berjualan kopi dan makanan ringan untuk para pendatang. Mereka cukup kaget mengetahui kami berjalan kaki dari Cemoro Lawang. Setelah sehari saya menginap di Bromo, saat itu pula saya yakin saya akan kembali lagi ke Bromo. Tak hanya untuk melihat sunrise yang tak saya dapatkan karena bangun kesiangan, atau untuk melihat kawah Bromo yang tak sempat saya kunjungi karena hari sudah menjelang senja, tapi juga untuk kembali mengagumi keteguhan Gunung Bromo yang luar biasa.

Usahakan berkunjung di musim panas, karena akan sulit melihat sunrise ataupun sunset di musim hujan. Festival Jazz Bromo diadakan setiap tahunnya, biasanya pada pertengahan tahun di bulan Juli.

Bus eksekutif Jakarta-Malang PP Malang-Probolinggo PP Probolinggo-Cemoro Lawang PP Makan 3x HTM Taman Nasional Bromo

TOTAL

Rp 460.000 Rp 70.000 Rp 60.000 Rp 50.000 Rp 3.000

Rp 643.000

AUGUST//2012 2012 55 AUGUST


edit or’s list

Belitung’s

Tasty Delights Ternyata Belitung bukan hanya menarik dijadikan sebagai tempat hunting foto, tapi juga asyik dijelajahi kelezatan kulinernya.

AUGUST / 2012

56


S

aat saya tanya kepada teman yang mengajak saya jalan-jalan keliling Belitung tentang makanan khas apa yang bisa saya cicipi di pulau ini, dia berpikir sejenak dan kemudian menyebutkan tiga hal, “Mie Belitong, kopi, dan seafood.” Untuk menu pertama, mungkin memang membuat penasaran orang luar Belitung untuk mencicipi, tapi untuk dua menu terakhir, errr... bukankah terkesan biasa aja? “Selain itu ada lagi enggak?” tanya saya lagi. “Hmmm... kayaknya cuma itu aja. Khasnya sini ya paling Mie Belitong itu saja,” jawabnya lagi. Sebagai orang yang tinggal di Bandung yang memiliki segudang kuliner khas, mendengar cuma ada tiga menu khas di sini membuat saya sedikit menghela nafas panjang dan membayangkan hidup saya selama tiga hari di sini hanya akan disuguhi makanan-makanan biasa saja yang mungkin bisa saya temui juga di Bandung. Tapi akhirnya saya menyadari bahwa dari tiga menu ini saja sudah membuat saya ketagihan akan masakan Belitung.

57 AUGUST / 2012


M

ie Belitung, atau Belitong sesuai bahasa lokal, sekilas penampilannya mirip dengan mie tek-tek yang biasa ada di Jawa. Bedanya adalah tidak menggunakan telur atau ayam, tapi udang, kentang, timun, tauge, dan terkadang ada juga yang menambahkan potongan tahu goreng di dalamnya. Kuahnya kental akan kaldu udang, sehingga rasanya gurih sekali. Selama tiga hari di Belitung, tiga kali saya makan Mie Belitung ini saking doyannya. Lokasi penjual Mie Belitung ini jarang yang ada di restoran-restoran mewah, melainkan sering ditemui di kedai-kedai kecil, walaupun katanya sering juga disajikan sebagai menu sarapan di AUGUST / 2012

58

hotel. Salah satu yang recommended adalah Mie Belitung ATEP di Jl. Sriwijaya di pusat kota Tanjung Pandan. Tempatnya bersih, rasanya juga gurih dan kental, mantap! Di dalam tokonya pun dipajang foto-foto seleb yang pernah makan di sini, seperti Cinta Laura, Tukul, sampai Megawati! Paling enak menikmati Mie Belitung ini dengan es jeruk kunci yang segar. Maknyes deh! Untuk beberapa orang, Mie Belitung ini sebenarnya adalah sajian untuk sarapan, tapi ternyata banyak juga kedai yang justru baru buka saat sore sampai malam. Harga satu porsi Mie Belitung sekitar Rp 10.000.

TEKS & FOTO: ESKA K.T.

Mie Belitong


Kopi

A

da yang pernah mendengar Kopi Belitung? Saya belum pernah mendengarnya, dan ternyata memang Belitung bukanlah produsen biji kopi. Kopi yang ada di sini rata-rata berasal dari daerah lain seperti Lampung. Namun yang khas ternyata adalah penyajiannya. Bubuk kopi direbus bersama air sampai mendidih di dalam teko yang dipanaskan arang, kemudian disaring sebelum dimasukkan ke dalam gelas. Saya memesan kopi susu, dan saya melihat bahwa sebelum menyeduh kopi, krimer susu kental manis dimasukkan ke dasar gelas terlebih dahulu baru diseduh kopi. Kelihatannya sih seperti susu kopi warung-warung biasa. Tapi begitu diseruput‌ enak sekali! Kopinya tidak berampas, tidak asam, dan tidak pahit. Buat saya yang tidak terlalu suka kopi pahit, kopi susu ini pas sekali manis dan pahitnya. Kopi kafe mahal lewat deh!

wisata 1001 warung kopi karena sepanjang jalan isinya kedai kopi semua. Pilihan saya jatuh ke sebuah kedai kopi yang berada di pinggir Danau Manggar. Minum kopi di kedai terapung di danau, perfect! Bila berada di kota, coba Kopi AKEW di Jl. Sudirman. Tempatnya kecil, tapi warung kopi tertua di Belitung ini menyajikan kopi terenak di Belitung juga. Karena warungnya terbuka, kita bisa melihat langsung penyajian kopinya sambil bertanya-tanya ke Engkoh-nya yang ramah. Harga Kopi O Rp 4.000 dan kopi susu Rp 5.000 saja. Pria-pria Belitung ternyata memang doyan menikmati kopi sambil ngobrol ngalor ngidul dan main catur di kedai kopi. Tapi hati-hati, katanya kalau di atas jam 21.00, kebanyakan kedai kopi di sini juga menyediakan alkohol. Yang takut sama orang mabuk, lebih baik menikmati kopi sore-sore saja.

Untuk mencicipi kopi khas Belitung ini bisa cari-cari di Manggar yang memang menjadi kota

59

AUGUST / 2012


Seafood “O

rang yang alergi seafood, kalau datang ke Belitung bisa repot karena nyaris semua makanan di Belitung adalah seafood!� begitu kata teman saya. Kalau dilihat-lihat, benar juga adanya. Rata-rata makanan khas sini isinya makanan laut semua. Jika tidak bisa makan seafood, berarti alternatifnya adalah makan Ayam Goreng Lamongan yang di mana-mana juga ada. Seafood yang disajikan kebanyakan menu-menu biasa seperti pindang kakap, cumi tepung, udang saus mentega, dan lain-lain. Ya, menu-menu restoran seafood di banyak tempat. Tapi entah mengapa, rasa seafood ini enak sekali. Cumi goreng tepungnya crunchy dan gurih, pindang AUGUST / 2012

60

kakapnya lembut, dan udang saus menteganya terasa lumer di mulut. Entah karena pengaruh pemandangan pantai yang indah, seperti kata teman saya yang beranggapan bahwa makan apapun di pinggir pantai pasti akan terasa enak walau cuma mie instan sekalipun, atau memang karena makanan ini dimasak ala Belitung sehingga rasanya lebih mantap. Tip dari saya, kalau Anda sedang dalam keadaan kelaparan akut, saya sarankan untuk membeli camilan terlebih dahulu. Seafood di Belitung ratarata dimasaknya lama, sekitar satu sampai dua jam. Tapi lama waktu yang kita tunggu itu akan terbayar saat kita menikmati sajian seafood ini.


tech gee k

P $499. RICE: 99 - $ 549 (ww w.tech r

The Balmy Browser

adar.c

.99

om)

Ini bukan hanya tentang menelusuri internet, tapi beraktivitas sepenuhnya.

S

TEKS: CITA ARSITA FARANI

eperti apa rasanya bekerja dengan menggunakan browser semata? Setahun setelah dirilisnya OS Chrome, kali ini perbaikannya disertai dengan penambahan kemampuan saat offline. Samsung Chromebook Seri 5 550 akan menjadi laptop pertama yang menggandeng OS versi terbaru ini. Perusahaan di balik sistem operasi Android dan search engine terkemuka mengangkat Cloud Computing sebagai basis OS ini. Sekilas, laptop ini tidak terlihat berbeda dengan laptop lainnya, dengan layar jernih dan keyboard standar. Namun untuk antarmukanya, OS Chrome bekerja mirip dengan browser sehingga tidak menggunakan window, namun menggunakan tab. Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri. Pengguna hanya perlu memiliki akun Google dan dapat mengakses Gmail, Google Doc, Picasa, Youtube, Google Calendar, dan masih banyak lagi.

Cloud Computing membantu pengguna untuk mengambil file untuk diedit kapan dan di mana saja. Tidak berbeda dengan jika Anda mengakses situs Google, namun di sini Google adalah isi laptop Anda. Karena itulah laptop ini memiliki 2 versi, 3G dan WiFi untuk kemudahan akses Anda. Dengan berat 3,3 pon dan dimensi 11,5 x 8,5 x 0,8 inci, laptop ini memang tidak termasuk kategori langsing, tapi cukup nyaman untuk digunakan. Warna Titan Silver dan White Finish juga menambahkan kesan elegan pada Chromebook Seri 5 550. Berbeda dengan Chromebook Seri 5 pertama, kali ini mereka menggunakan prosesor Intel Celeron 867,4 GB dan 4 GB RAM, membuat waktu booting hanya 12 detik, jauh lebih cepat dibandingkan ultrabook lainnya. Untuk mengakomodir kegiatan Anda secara offline, 16GB SSD dapat menampung file Anda di samping tambahan SD dan USB Port.

61

AUGUST / 2012


gamees & list gam & list enen

A

Membangun konstruksi untuk memberikan jalan bagi kelereng.

Rating:

Android

pparatus adalah permainan puzzle yang mengharuskan Anda membangun struktur mekanik tertentu dengan jumlah material yang terbatas. Tujuan Anda sederhana saja: membuat jalan bagi kelereng sehingga dapat mencapai titik tertentu yang disebut gol dengan menempatkan atau menyatukan potonganpotongan materialnya seperti balok kayu, roda, kabel, dan lainnya menggunakan palu atau kunci pas. Solusi strukturnya sendiri bervariasi, dari yang mudah seperti

jembatan hingga yang rumit seperti kendaraan berjalan. Kreativitas dan kemampuan analisis Anda sangat diuji di sini. Setelah Anda yakin bahwa struktur Anda dapat bertahan dan bekerja dengan baik, klik tombol play dan saksikan kelereng tersebut bergelinding menuju gol… atau saksikan struktur Anda runtuh jika Anda lupa menghubungkan bagian tertentu. Jika belum puas dengan level yang tersedia, silahkan unduh level kreasi orang lain atau buat sendiri dalam mode Sandbox.

Full: 1,44 USD Lite: FREE Living Things Artis:Linkin Park Rilis: 2012

D “It was a goal to only use the important sounds.”

Rating:

AUGUST / 2012

62

emikian ujar Mike Shinoda mengenai album ini. ”Anything that wasn’t playing a role in a song we got rid of. ” Mungkin itulah alasannya mengapa durasi total album ini tidak sampai 40 menit. Tidak ada lagu yang mencapai 4 menit, seakan band ini memang hanya menyajikan inti dari tiap lagu. Bukan berarti album ini menjadi tidak memuaskan dalam arti yang buruk, namun pendengarnya akan merasa ada sesuatu yang belum selesai dan

menginginkan lebih. Lihat saja “Victimized” yang bahkan tidak sampai 2 menit panjangnya, padahal lagu ini memuaskan kerinduan penggemar akan musik-musik Linkin Park yang lebih keras. Meskipun demikian, dari lead track “Burn It Down”, “Road Untraveled”, hingga “Skin To Bone”, secara keseluruhan “Living Things” kembali membuktikan kematangan band yang telah terbentuk sejak 1996 ini.


sce ne & read

Paranorman Sutradara: Sam Fell, Chris Butler Pengisi Suara: : Kodi Smit-McPhee, Tucker Albrizzi, Anna Kendrick, Casey Affleck Durasi: 93 menit

I

ngat film stop-motion “Coraline”? “ParaNorman” berasal dari studio yang sama, dengan kesamaan konsep film anak-anak yang juga bisa dinikmati oleh orang dewasa. Film ini menceritakan seorang anak bernama Norman yang bisa melihat dan berbicara dengan arwah orang yang sudah meninggal. Sambil berusaha hidup normal dan menghadapi ancaman gangguan anak

populer di kotanya, Norman tidak menghiraukan seorang kakek yang mengatakan bahwa hanya ia yang bisa menghentikan kutukan kebangkitan para mayat dari kuburnya. Namun ia tidak punya pilihan saat para mayat mulai bangkit di samping para hantu dan penyihir. Tidak hanya itu, Norman juga harus menghadapi para orang dewasa yang lebih menyusahkan dibanding membantu.

Threats Pengarang: : Amelia Gray Harga: Rp 161.000 (ak.’sa.ra) Penerbit: Farrar, Straus and Giroux

TEKS: CITA ARSITA FARANI

B

uku ketiga Amelia Gray setelah “AM/PM” dan “Museum of the Weird”, kembali diwarnai dengan potret emosi manusia dengan deskripsi dan latar belakang yang terkadang terkesan sureal. “Threats” menceritakan seorang dokter gigi bernama David yang menerima abu istrinya, Franny melalui pos. Ia tidak tahu siapa yang membunuhnya dan mengapa istrinya harus mati. Duka yang dialami David begitu dalam, ditambah ketakutannya terhadap berbagai ancaman terhadap

nyawanya yang seringkali tidak beralasan, membuat dirinya tidak tenang. Keanehan mulai terasa saat ancaman-ancaman tersebut muncul dalam bentuk tertulis di sekelilingnya. David mulai bertanya-tanya apakah Franny benar-benar sudah tiada. Buku ini juga berfokus pada seorang polisi bernama Chico yang menyelidiki kematian Franny, “ahli kesehatan mental” Marie yang memiliki tempat tinggal yang tidak biasa, serta rekan kerja Franny di salon, Aileen.

63

AUGUST / 2012


travel note s

KAMPUNG

SEGALA BANGSA Meski hanya seluas kawasan Jalan Sabang di Jakarta, Jonker Walk adalah kepingan sejarah Melayu di masa lalu. Bangsa-bangsa besar Eropa dan Asia meninggalkan jejaknya di sana hingga kini dan terus hidup berdampingan.

AUGUST AUGUST//2012 2012

64


AUGUST//2012 2012 65 65 AUGUST


D

entuman tabla (gendang India) dan senandung seruling membangunkan saya pagi itu. Sejenak rasanya seperti berada di tengah kepadatan India. Bunyi tabla yang dibarengi seruling India biasanya identik dengan sebuah pertunjukan kecil dari negeri itu di mana seekor ular meliuk-liuk keluar dari sebuah keranjang dengan iringan musik. Saya bukan berada di tengah hiruk pikuk New Delhi atau Mumbai, tapi di Jonker Walk, salah satu area turis paling kondang di seantero Malaysia. Jonker Walk berada di Melaka, sebuah kota kecil dengan jarak tempuh sekitar 2 jam jika berkendara dari Kuala Lumpur. “Itu ritual mereka dalam sembahyang�, kata pemilik homestay setelah saya tanyakan asal-usul kegaduhan tabla dan seruling itu. Tepat di seberang homestay tempat saya menginap adalah sebuah kuil yang dikelola oleh kaum Chetty Melaka. Sri Poyatha AUGUST / 2012

66

Venayagar Moorthi Temple, begitu tulisan yang terpampang di muka kuil. Kaum Chetty adalah warga Hindu India yang sudah mengalami kawin campur dengan warga sekitar seperti Melayu dan Cina. Pakaian adat mereka bahkan menyerupai pakaian Melayu dan menu makanan mereka adalah nasi seperti bangsa Melayu, bukan roti canai dengan saus kari yang kental. Goldsmith Street atau dikenal juga dengan Jalan Tukang Emas, tempat saya menginap berbaik hati memberikan saya kejutan dengan menyuguhkan aneka ragam budaya di Jonker. Persis di sebelah kuil kaum Chetty berdiri kokoh Mesjid Kampung Kling yang setiap sore mengumandangkan Adzan Ashar bergiliran dengan dentuman tabla dan seruling kaum Chetty yang kembali melayangkan ritual doa sore. Mesjid Kampung Kling dibangun pada


tahun 1748 oleh para pedagang Muslim dari India. Arsitektur masjid yang awalnya terbuat dari kayu ini menganut pluralisme berbagai kebudayaan. Ada unsur Cina, Melayu bahkan Portugis dalam desain bangunannya. Nuansa Cina menyambut saya dengan semarak saat memasuki Jonker. Replika naga raksasa seraya terbang melingkar di pintu gerbang menyambut turis yang hendak masuk ke Jonker. Kesan pertama adalah sebuah daerah Pecinan yang ramai, dipenuhi gedung-gedung bergaya arsitektur kuno dan pusat aneka kuliner. Saya memulainya dari Jonker Street. Sebuah jalan lurus di depan gerbang yang dihimpit sederet bangunan tua di kanan kirinya. Mulai dari toko pakaian, barang antik, hotel, guesthouse, toko suvenir dan rumah makan berderet memeriahkan Jonker. Meski sempit dan dipadati turis, Jonker Walk

juga dilalui kendaraan bermotor dengan jalan satu arah. Di sisi Jonker Street terdapat jalan-jalan lain yang juga sempit, dipenuhi toko dan mobil yang berlalulalang. Jalan Kampung Pantai adalah salah satu jalan di Jonker Walk yang berdekatan dengan Sungai Melaka. Memang tidak semeriah Jonker Street, tapi di jalan ini lebih banyak terdapat hostel dan tempat-tepat usaha lain seperti penukaran uang, bank, hingga tempat pemotongan babi. Konon saat berkuasanya Belanda di Melaka, banyak warga Cina yang menjadi pelayan mereka dan tinggal di daerah Jonker yang dulu bernama Heeren Streets. Awalnya warga Cina yang tinggal di sini juga banyak yang merupakan juragan kaya raya. Heeren Streets kini juga dikenal dengan nama China Town atau Jalan Hang Jebat. Ada juga yang menyebutnya Antique Street karena di sepanjang

67 AUGUST / 2012


QUICK!FACTS Dalam bahasa Belanda, Jonker Street berarti ‘Jalan BangsawanMuda’.

AUGUST / 2012

68


area Jonker Walk terdapat banyak toko barang antik. Sepeninggal Belanda, kaum Baba dan Nyonya (warga Cina Melayu) tetap tinggal di kawasan ini dan menjalankan bisnis mereka. Selain begitu kental dengan nuansa Cina, ada juga simbol-simbol Eropa yang bertebaran seperti Heeren House, sebuah bangunan tua bergaya art deco yang kini berfungsi sebagai hostel hingga Casa Del Rio, sebuah bangunan modern berupa hotel mewah bergaya Spanyol yang terletak di pinggir Sungai Melaka. Casa Del Rio memang bukan bangunan bersejarah, tapi sekedar melaluinya dan berfoto di sekitarnya adalah hal wajib yang dilakukan para turis. Soal kuliner, Jonker memanjakan wisatawan dengan berbagai hidangan yang tersedia. Jonker Walk Hawker Center adalah lokasi terbaik bagi turis yang kelaparan usai mengitari Jonker. Pusat jajanan yang mulai buka pukul 6 sore hingga tengah malam ini menyediakan aneka makanan peranakan, Melayu hingga hidangan Barat dengan harga terjangkau. Sementara pecinta belanja bisa mengunjungi Jonker Street Market yang digelar setiap Jumat, Sabtu, dan

Minggu, mulai pukul 6 sore hingga tengah malam. Paket multikultur dan multifungsi lengkap untuk sebuah area yang terbilang kecil. Yudasmoro yudasmoro.m@gmail.com getaway! menerima cerita perjalananmu. Kirim tulisan sekitar 400 kata dengan foto resolusi tinggi (300px) serta keterangannya ke getawaymagz@gmail.com

69 AUGUST / 2012


love trib e indo & cult nesure ia

ENIGMATIC PEOPLE OF

KOMODO AUGUST AUGUST//2012 2012

70 70

Suku Komodo di antara alam yang harus dijaga dan derasnya arus wisata.


AUGUST APRIL / /2012 2012 71 71 AUGUST


QUICK!FACTS Bahasa Komodo termasuk rumpun Austronesia yang juga membawahi Tagalog, Hawai, Jawa, dan lainnya.

AUGUST / 2012

72


M

anemui naga komodo, pasir pantai berwarna jambon, dive spot yang jernih, dan savana raya berumput kuning adalah hal yang umum dicari para turis saat berkunjung ke Taman Nasional Pulau Komodo. Padahal ada sebuah destinasi lain yang tak kalah unik untuk dikunjungi, yaitu Desa Komodo. Nama Desa Komodo sendiri tidak semoncer taman nasional. Pamornya kalah jauh dengan gebyar kampanye pengajuan Pulau Komodo sebagai salah satu keajaiban alam dunia. Walhasil, tidak banyak turis yang mengunjungi perkampungan nelayan yang dihuni oleh Suku Komodo. Sebuah suku yang sudah hidup berdampingan dengan hewan komodo selama berabad-abad.

TEKS & FOTO: AYOS PURWOAJI

Meski wilayah Pulau Komodo masuk ke dalam Kabupaten Manggarai, namun Suku Komodo tidaklah sama dengan orang-orang Flores. Secara fisik, Suku Komodo memiliki kulit yang lebih cerah dan perawakan yang lebih kecil. Berbeda dengan orang Manggarai yang berkulit lebih legam dengan ukuran fisik yang lebih besar. Menurut penduduk lokal, untuk membedakan orang Komodo dari keturunan asli cukup dilihat dari telinganya. Jika runcing dan mirip kurcaci, berarti dia orang Komodo asli. Sejatinya Suku Komodo lebih dekat dengan perawakan orang-orang Bima di daerah Sumbawa. “Menurut sejarahnya, dulu Pulau Komodo ini masuk dalam teritori kerajaan Bima,” kata Pak Kasim, seorang guru SD di Desa Komodo. Sisa-sisa pengaruh Bima masih tampak dari variasi makanan dan bentuk arsitektur rumah di Desa Komodo. Pada struktur atapnya, ada persilangan kayu yang disebut sabalong samalewa, sama tinggi sama rata. Sebuah filsafat lokal yang diaplikasikan pada hampir setiap bangunan di Bima. Namun pada perkembangannya, Suku Komodo justru mengembangkan varian bahasa sendiri. “Bahasa kami tidak sama dengan Bima dan Manggarai. Kami punya bahasa sendiri,” kata Pak Kasim. Syahdan, menurut mitos lokal, bahasa yang digunakan Suku Komodo mampu dipahami oleh Orah, sebutan warga lokal untuk menyebut spesies

kadal purba Varanus komodoensis. “Itu mengapa hampir semua ranger di Taman Nasional adalah Suku Komodo,” tegas Pak Kasim. Masyarakat sendiri mempercayai bahwa mereka dengan hewan komodo lahir dari rahim ibu yang sama. Anak lelaki berwujud manusia dinamai Gerong. Sedangkan anak perempuannya menyerupai kadal raksasa diberi nama Orah. Keturunan Gerong dan Orah akhirnya hidup berdampingan selama berabad-abad. Mereka memiliki batasan yang saling dijaga untuk kehidupan yang harmonis. Mitos lokal ini menjadi alat yang efektif agar upaya konservasi tetap berjalan. Keyakinan masih memiliki tali darahlah yang membuat Suku Komodo tidak mengganggu habitat hewan Komodo. Seiring berjalannya waktu, masing-masing spesies pun menemukan habitatnya sendiri. Keturunan Orah akhirnya menjadi penjelajah tangguh, puncak rantai makanan di bukit-bukit savana yang gersang. Sedangkan anak cucu Gerong hidup berkelompok menghuni daerah pesisir. Mereka membangun perkampungan nelayan dan mendesain kapal-kapal penangkap cumi yang bagus dengan cadik lebar. Hingga permulaan abad, hampir sebagian besar penduduk Desa Komodo adalah nelayan. Namun saat ini profesi nelayan hanya digeluti oleh generasi tua saja. Anak-anak muda Desa Komodo lebih suka berburu dolar dengan menjual kerajinan tangan atau menjadi guide bagi turis asing. Maradona, salah satu pemuda Desa Komodo, mengakui hal tersebut. Setiap hari, Maradona dengan teman-temannya menjadi penjual suvenir patung komodo, berbagai jenis ukiran, dan kalung mutiara di pintu masuk resor Taman Nasional. Bila sedang beruntung, ia juga menjadi guide untuk turis yang ingin berkeliling Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan beberapa tempat di Labuan Bajo. “Saat ini anak muda Desa Komodo lebih fasih berbahasa Inggris atau Manggarai daripada bahasa Suku Komodo,” kata Pak Kasim. “Bahkan beberapa syair tradisional mulai hilang karena hadirnya televisi.”

73 AUGUST / 2012


love indo nes ia

BENGKULU

Selamat datang di Bengkulu, sebuah provinsi yang dikenal dengan sebutan ‘Sang Bumi Rafl esia’. Tempat kelahiran Ibu Fatmawati, istri dari Bung Karno, ini memiliki beragam daya tarik wisata yang mempesona. - Yudo

S

alah satu obyek wisata yang begitu dibanggakan oleh Bengkulu adalah Fort Marlborough. Ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda untuk menapak tilas sejarah Bengkulu. Dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 2.500 Anda dapat melihat kemegahan Benteng Marlborough yang merupakan peninggalan bersejarah dari pemerintah Inggris ketika menduduki Bengkulu. Benteng tersebut mulai didirikan pada tahun 1713 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Collet. Benteng Marlborough tercatat sebagai benteng terbesar di kawasan Asia dan bangunannya sendiri masih sesuai dengan desain asli yang bentuknya menyerupai kura-kura. Peninggalan yang tak ternilai harganya ini berada di dalam satu kawasan dengan Pantai Tapak Paderi, sehingga Anda bisa menikmati perpaduan obyek wisata sejarah, budaya dan alam. AUGUST / 2012

74

Sebagai negara kepulauan, hampir semua daerah di Indonesia memiliki obyek wisata pantai, namun tak semuanya masih alami dan asri. Di sebelah Barat kota Bengkulu, ada sebuah pantai yang wajib Anda kunjungi, yaitu Pantai Panjang Bengkulu. Untuk mendapatkan sensasi berwisata yang lebih mengasyikkan, Anda bisa mencoba mencapai pantai tersebut dengan alat transportasi tradisional Bengkulu, yaitu sado atau delman. Anda pasti akan terkagum-kagum melihat butiran pasir yang menghampar sepanjang 7 km. Putihnya pasir pantai tampak begitu kontras dengan birunya laut dari perairan Samudera Hindia, ditambah lagi


dengan warna hijau dari pohon cemara, pinus, serta kelapa yang tumbuh di sepanjang Pantai Panjang Bengkulu. Ketika sore menjelang, langit pun berubah menjadi jingga, mengiringi detikdetik terbenamnya matahari ke balik laut yang memancarkan warna perak keemasan. Sekitar 60 km dari Kota Bengkulu, tepatnya di Kabupaten Kepahiang, Anda akan menemukan daya tarik yang mampu menyegarkan pikiran dan menyejukkan hati para pengunjungnya. Air Terjun Curug Embun memiliki ketinggian 100 m dan panorama pegunungan dengan udara yang sejuk. Untuk mencapainya, Anda akan singgah terlebih dahulu di Desa Tapak Gedung Kepahiang. Menurut cerita penduduk setempat, nama desa tersebut memiliki arti bekas gedung atau bangunan. Pada kenyataannya, sebelum dibangun rumah penduduk, kawasan itu memang dipenuhi dengan bekas bangunan kependudukan Belanda. Selain bekas bangunan, ada kuburan tua yang konon merupakan tempat persemayaman rakyat dari zaman dahulu. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, Anda bisa menikmati pemandangan tanaman bunga yang berwarna-warni serta perkebunan kopi. Tiba di lokasi anda cukup membayar Rp 2.000 untuk masuk dan Rp 2.000 lagi untuk parkir, barulah Anda bisa bersantai di atas bebatuan sambil mencelupkan kaki atau bermain air.

75 AUGUST / 2012


Masih banyak obyek wisata lain yang tak kalah menariknya. Tiga di antaranya adalah Pantai Sungai Suci yang terkenal dengan batu akik yang bertebaran di sepanjang pantainya, Alam Bukit Kaba yang merupakan gunung berapi kembar yang memiliki tiga buah kawah yang menawan, serta Rumah Fatmawati Soekarno yang menjadi saksi dari perjalanan sejarah Bung Karno dan Ibu Fatmawati. Liburan Anda tak akan lengkap tanpa mencicipi cita rasa Bengkulu. Salah satu menu hidangan yang tak boleh Anda lewatkan adalah Pendap, yaitu hidangan yang terbuat dari ikan dan dimasak dengan beraneka ragam bumbu seperti bawang putih, kencur, dan cabe giling. Semua bahan tersebut kemudian dicampur bersama parutan kelapa muda. Setelah dibungkus dengan daun talas, barulah potongan ikan dimasukkan. Ikan yang bisa digunakan pun tidak terpaku pada satu macam saja, bisa ikan kakap, gemuru, atau terusan. Wanginya sungguh menggoda selera makan dan rasanya yang gurih dan pedas pun membuat ketagihan. Kemudian ada sebuah hidangan favorit masyarakat Bengkulu yang resepnya telah diwariskan secara turun-menurun, namun hingga kini masih tetap

AUGUST APRIL / /2012 2012

76 76


terjaga kerahasiaannya. Tak hanya namanya saja yang unik, tetapi juga rasanya. Tempuyak terbuat dari buah durian dan diolah sedemikian rupa melalui proses fermentasi. Biasanya disajikan bersama nasi saat makan siang maupun makan malam sebagai lauk. Cukup dicampur dengan cabe dan garam sesuai selera, kemudian Tempuyak sudah dapat Anda santap. Bisa juga dimasak dengan menggunakan tambahan ikan laut, ikan tawar, atau udang.

FOTO: NOVIII2, AKSANSANJAYA.

Untuk oleh-oleh, Anda bisa membawa pulang Juada Tat atau Kue Tat. Kue yang dulunya dikenal sebagai hidangan khas para raja Bengkulu ini sekarang dapat dijumpai di berbagai toko oleh-oleh Bengkulu. Juada Tat berbentuk segi empat dan rasanya lembut tetapi sedikit renyah dengan rasa selai nanas yang manis. Bila Anda menginginkan oleh-oleh yang dapat dikenakan, Bengkulu memiliki Kain Besurek yang mirip dengan kain batik. Yang menjadi ciri khasnya adalah motif tulisan huruf atau corak bunga raesia. Kain Besurek dapat dibeli dalam bentuk lembaran maupun pakaian.

Soekarno Hatta International Airport Fatmawati Soekarno Airport Batavia Air Lion Air Merpati Airlines Sriwijaya Air

CV. Rendra Putra Jl. Raesia No. 4, Nusa Indah T: (0736) 20759

Kain Besurek dengan harga mulai Rp 100.000.

Hotel Santika Jl. Raya Jati No. 45, Sawah Lebar Bengkulu 38228 T: (0736) 25858 F: (0736) 25854 E: bengkulu@santika.com

Ovelia Gallery Jl. Sutoyo No. 6, Tanah Patah T: (0736) 22387 La Mentique Jl. Putri Gading Cempaka No. 30 T: (0736) 341081 Rumah Makan Bengkulu Jl. Kapten Tendean, Km 6

JM. Otto Rental Jl. Sutoyo No. 22 T: (0736) 348335

Hotel Pasir Putih Jl. Pariwisata No. 1, Pantai Panjang T: (0736) 25338

APRIL //2012 2012 77 77 AUGUST


won der ful wor ld

G

ajah berukuran terkecil di antara gajah-gajah Asia lainnya ini merupakan ‘spesies payung’ di habitatnya, mempertahankan keragaman hayati sekaligus menjaga keseimbangan spesies kecil lainnya. Elephas maximus sumatrensis menghadapi ancaman serius dari pembalakan liar, penyusutan habitat, serta konflik dengan manusia maupun perburuan. Saat ini populasinya berkisar antara 2.400-2.800 ekor. Dalam upaya penyelamatannya, WWF berhasil bekerja sama dengan pemerintah dengan dideklarasikannya Taman Nasional Tesso Nilo dan penetapan Provinsi Riau sebagai Pusat Konservasi Gajah Sumatera. Tim Patroli Gajah Flying Squad yang dibentuk pun membantu meminimalisir konflik gajah dan manusia.

AUGUST / 2012

78

QUICK!FACTS Gading gajah Sumatera cenderung pendek, terutama milik gajah betina.

Selain menghindari membeli produk dari gading, Anda dapat mengadopsi gajah melalui WWF (www.worldwildlife.org) atau sekadar memberikan donasi.

TEKS: CITA ARSITA FARANI

DWINDLING SMALL GIANTS


getaway

Reading points

Senayan City: Ben Francais Brew House Café Oh La La Chatter Box Cold Stone D’Excelso D’Glam Dairy Queen Express Thai Fitness First Foodism Gelato Bar Han Gang Head Quarter Johnny Andrean Jittlada Lu’vaze Ming Village Pizza Marzano Pizza Hut Soho Starbucks Sushi Tei Takigawa Tator

Potato Head Pancious Secret Recipe Starbucks Coffee

E Corner Kopi Luwak Daily Bread Qbox

Plaza Senayan: Café Oh La La Coffee Club Din Tai Fung Johnny Andrean Kafe Victoria Lu Vaze Paxi Barbershop Peter F Saerang Pizza Hut Starbucks Toni & Guy

Pondok Indah Mall 1 – 2: Café Oh La La Celebrity Fitness Chopstick Fish & Co Kafe Regal PHO 2000 Red Tomato Sapo Oriental Sour Sally Starbucks

Pasific Place: Bengawan Solo Coffee Café Bon Francais Coffee Club Coffee World Kopi Luwak Liberica Coffee

Epicentrum: 4 Fingers Comic Café Kafe Betawi Talaga T-Grill Starbucks Coffee

Cilandak Town Square: D’ Palace Dome Frankfurter Mangkok Putih Mister Bean Score Starbucks

Setiabudi One: Amadeus Starbucks Coffee Chatterbox Coffee World Sushi Groove Pizza e Birra Anomali Coffee Kafe Betawi Dapur Sunda Mangkok Putih Pisa Café & Ice Cream Frankfurter Mr. Pancake Plaza Indonesia: Bakerzin

Bistro Baron Café de Excelso Chatterbox Dante Coffee Shop De Excelso Family Café Gelare Ice Cream Café Heavenly Blush La Maison Kopi Luwak Lamoda Café Kafe Betawi Mister Bean Coffee Pancious Pizza e Birra QQ Kopitiam Saint Cinnamon Secret Recipe Spinelli Coffee The Coffee Bean Mall Kelapa gading: Aji Sen Ramen Food Sensation Celebrity Fitness Charmy Taiwan Noodles D’Exelso Dante Coffee Honey Moon Dessert Peter F. Saerang MM Juice Solaria Starbucks Sushi Groove The Coffee Bean Yakun Kaya Toast

Subscribe now by filling out this form: Name: ............................................................................ Address: ........................................................................ ....................................................................................... City / State / ZIP: ........................................................... E-mail: ........................................................................... Phone (Home): .............................................................. Phone (Mobile): ............................................................ Subscription package Jakarta 6 issues

Bodetabek

Luar Jabodetabek

[ ] Rp. 150.000,- [ ] Rp. 162.000,- [ ] Rp. 168.000,-

12 issues [ ] Rp. 250.000,- [ ] Rp. 324.000,- [ ] Rp. 336.000,*mark your selection with [ x ] PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +62 21 45844987, 45777100 F: +62 21 45844987 E: getawaymagz@gmail.com

79 AUGUST / 2012


dire ctor y

Amaroossa Bandung Jl. Aceh 71A Bandung T: +62 22 422 2221 W: www.amaroossahotel.com E: rsv@amaroossaahotel.com Marley Bar The Energy Building, 2nd Floor Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53 E: more@marleybar.co.id T: +62 21 5296 1196 nhow Berlin Stralauer Allee 3 10245 Berlin T: +49-(0)- 30-290 299 0 W: www.nhow-hotels.com E: berlin@nhow-hotels.com www.themecruiseďŹ nder.com Wondersoul Jakarta http://wondersouljakarta.tumblr.com T: +62 21 929 734 79 Twitter: @wondersoul_jkt

AUGUST / 2012

80


81 AUGUST / 2012


AUGUST / 2012

82


Getaway! August 2012 Issue