Page 1

getaway

www.getaway.co.id


tabl e of con ten ts

MARCH / 2012 18 GRAND JOURNEY 50 ADVENTURE The Sweetest Temptation of Brussels

Menguras Nafas di Cunca Rami

70 LOVE INDONESIA

30 URBAN STORY

62 EDITOR’S LIST

74 TRAVEL NOTES

34 EXPLORE

66 TRIBE & CULTURE

The Art of Shopping

Plesiran ala Raja Karangasem

Dieng Local Tastes

Banyuwangi

Palembang Pasca SEA GAMES

Cool Kurulu

ON THE COVER hal. 50

hal. 18 hal. 34 Photo: Mont des Arts Area yang juga dikenal sebagai Kunstberg ini adalah sebuah bukit dengan pemandangan kota yang memukau, mulai dari Brussels Town Hall, Koekelberg Basilica, bahkan Atomium saat hari cerah.

MARCH / 2012

2


AD SPACE

3 MARCH / 2012


getaway Advisors Gary Lilardi Iwan CEO Cicilia Sudargo Editor in Chief Cita Arsita Farani Editor Wilma Hartyandari Art Designer S. Eko Andi Purnomo Photographer Alexamzah

Editor’s Note

Berwisata berarti memanjakan semua indra. Misalnya saja keindahan yang tampak di mata ataupun ‘musik’ alam di tengah hutan. Namun, kebutuhan utama yang juga dapat menjadi kenikmatan tertinggi adalah makanan yang mengenyangkan dan menggoyang lidah.

Begitu pentingnya indra perasa hingga ada yang namanya wisata kuliner, yaitu serangkaian tur yang didedikasikan untuk memanjakan indra tersebut. Rasanya hampir semua orang memang mencari makanan khas lokal jika sedang berada di suatu destinasi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa rasa suatu makanan lokal jauh lebih baik di daerah asalnya dibandingkan saat sudah diadaptasi di daerah lain. Contoh paling gampangnya? Restoran Padang! Atau jika mengintip artikel di getaway! edisi ini: nothing beats Belgian Waffle in Belgium. Now take a break, because it’s time for your getaway!

MARCH / 2012

4

Advertising & Promotion Hidayat Pane (hidayatpane@hotmail.com)

Wilman Anugrah

(wilman.getaway@gmail.com)

Finance - Circulation Agustina Alam (tina.lam@hotmail.com)

Contributors Ayos Purwoaji Fransisca Tallulah Nesa Deskandini Pulung Uci Viviana Asri Yudasmoro Minasiani

getaway!

diterbitkan oleh

PT GI Media Boulevard BGR Raya Komplek Kokan Permata Blok C No. 3A Kelapa Gading, Jakarta 14240 T: +62 21 4584498, 45777100 F: +62 21 4584498 E: getawaymagz@gmail.com W: www.getaway.co.id

Getaway! Magz

getawaymagz


March

2

Festival musik jazz internasional, Java Jazz akan digelar pada tanggal 2, 3, dan 4 Maret. Java Jazz 2012 akan mendatangkan beberapa nama besar seperti Stevie Wonder, Erykah Badu, Swing Out Sister, dan masih banyak lagi ke JIExpo, Kemayoran. Malam pagelaran budaya Aceh akan menampilkan berbagai macam kesenian mulai dari tarian sampai musik tradisional khas Aceh. Akan digelar pada tanggal 3 Maret 2012 di Institut Teknologi Bandung, jawa barat.

3 16 18

Segarkanlah indra penglihatan Anda dengan keindahan flower landscape dan flower arrangements di Hong Kong Flower Show yang akan digelar pada tanggal 16-25 Maret 2012 di Victoria Park, Hong Kong.

Jessie J, penyanyi wanita asal London yang terkenal lewat single “Price Tag” akan segera menyapa para penggemarnya di Jakarta, sebagai salah satu artis yang akan tampil di Pond’s Teen Concert tahun ini.

Tahun ini Bali Spirit Festival akan diadakan dari tanggal 28 Maret – 1 April 2012 di Ubud, Bali. Festival yoga, tari, dan musik tahunan ini merupakan salah satu festival terbesar di Asia Tenggara.

28

age nda

10

Aliansi indie pop asal Australia yang sudah memiliki 4 album ini akan menemui para penggemarnya di Jakarta. Nikmati musik dengan nuansa elektronika mereka di Fairground, SCBD.

11

The International Furniture & Craft Fair Indonesia akan digelar pada tanggal 11 Maret-14 Maret 2012 di JIExpo, Kemayoran. Anda akan menemui berbagai macam furnitur dan perabot rumah menarik buatan negeri sendiri.

17

Festival terbesar di Australia akan digelar di daratan Asia, bertempat di Sirkuit Internasional Sepang, Kuala Lumpur. Agrikulture dan Goodnight Electric merupakan perwakilan dari Indonesia, sementara Chemical Brothers menjadi bintang utama festival ini.

Akhirnya setelah lama dinantikan, film “The Raid” akhirnya dirilis juga. Film laga yang dibintangi oleh aktor laga lokal, Iko Uwais ini banyak memancing rasa penasaran para penggemar film lokal karena sempat menggebrak Sundance Festival akhir tahun silam.

23

Setelah sempat tertunda akhirnya dedengkot trash metal asal Amerika Serikat, Anthrax akan mengguncang Pantai Karnaval Ancol bersama Hellyeah. So this is your night, metalheads!

25

5 MARCH / 2012


Love Garage

wha age t’snda up

(5 & 8 Februari 2012) Perayaan Cinta, Kehidupan, dan Musik! oleh kolaborasi antara Bayu Risa dan Agrikulture dengan musik bernuansa R & B yang kental. Love Garage merupakan salah satu wadah bagi band-band “made in Indonesia” untuk menunjukan karya-karya kreatif mereka yang luar biasa dan berkarakter. Penampilan James Yuill malam itu merupakan puncaknya, penampilannya terlihat maksimal. Beberapa single hasil permainan gitarnya sukses mengundang decak kagum para penonton dan berhasil menghangatkan malam pertama Love Garage. Hari kedua Love Garage adalah hari yang paling ditunggu-tunggu. Deretan artis-artis lokal maupun mancanegara yang ada di hari kedua ini sudah dikenal reputasinya dikalangan anak muda para pecinta musik. Sebut saja, Dj Joyo, Roman Foot Soldiers siap memanaskan suasana. Malam itu, Agrikulture kembali mengambil bagian di panggung. Penampilan si vokalis sempat menjadi pusat perhatian karena kelakuannya yang eksentrik dan berhasil memancing tawa para penonton. Tiba saat duo asal New South Wales, Bag Raiders mengambil alih panggung dan menghibur para penonton yang hadir malam itu dengan house music mereka. Chris Stracey dan Jack Glass berhasil mengkombinasikan ove and music is in the air, folks! Love Garage musik-musik mereka menjadi harmonisasi merupakan festival Valentine tahunan yang house. Lalu tibalah saatnya inti dari semua menampilkan suguhan musik berkualitas, outdoor acara Love Garage 2012, Royksopp! Duo asal cinema, curated market, beer garden, food picnics, dan Norwegia ini tampil tidak kalah maksimal video mapping. Di hari pertama, para pecinta musik dengan pengisi acara lainnya. Mereka benardisuguhi dengan deretan band lokal yang menarik. Band bernuansa folk, Angsa Dan Serigala, membawakan benar menggambarkan apa yang mereka sebut “strange beauty and disturbing darkness” lagu-lagu andalan mereka. Kemudian Hightime lewat musik mereka. Svein Berge dan Torbjørn Rebellion, dengan dance pop music yang diusungnya. Brundtland berhasil memberikan penutup yang Tidak lupa Sir Dandy dengan lirik-liriknya yang spektakuler untuk Love Garage 2012. menggigit dan kocak. Malam itu, eX-Park dihentak

L

MARCH / 2012

6


The New Skatepark In Town! P

P 201, DOK. PUINK SKATEPARK, DOK. MACAU

TEKS: WILMA HARTYANDARI, WILMAN ANUGRAH FOTO: DOK. LOVE GARAGE

uink Skatepark adalah arena bermain skateboard yang terletak di utara Jakarta. Skatepark ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan hal positif kepada masyarakat umum serta memperkenalkan skateboard lebih jauh kepada masyarakat umum. Ramps, halfpipe, dan quarter pipes merupakan beberapa obstacles yang ada di skatepark ini, tentunya akan membuat para skateboarder merasa lebih tertantang untuk bermain. Terdapat juga sebuah skate shop yang menyediakan berbagai macam perlengkapan skateboard mulai dari deck, truck, wheels, sampai clothing. So, bring your skateboard here and shred it with pride!

Appreciation Nite from

Macau Government Tourist Office

ada tanggal 21 Februari kemarin, perwakilan Macau Government Tourist Office di Indonesia mengadakan special gathering “Appreciation Nite.” Acara yang bertempat di Ceria Room, Hotel Shangri-la ini bertujuan untuk menunjukkan apresiasi pemerintahan Macau kepada para travel agent dan media yang telah mendukung promosi pariwisata Macau di Indonesia tiga tahun belakangan ini (2009-2011). Malam itu, Shilla Tour mendapatkan penghargaan sebagai The Best Supporting Trade Partner for MGTO Indonesia sebagai perwakilan dari travel agent dan majalah Tamasya mendapatkan penghargaan sebagai The Best Supporting Media Partner for MGTO Indonesia sebagai perwakilan dari media Indonesia.

7 MARCH / 2012


bes t tim e

Where:

Santorini Island, Yunani

When:

April-Mei atau September-Oktober

Why:

QUICK!FACTS Santorini merupakan satu-satunya pulau berkawah gunung berapi yang dipadati penduduk.

MARCH / 2012

8

TEKS: WILMA HARTYANDARI

Apabila Anda adalah pecinta laut, maka pulau ini adalah tujuan yang tepat. Santorini berada di selatan Laut Aegean, menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Letusan gunung berapi pada zaman dahulu membuat pulau ini memiliki struktur daratan yang unik. Anda dapat mengunjungi pantai yang terkenal di Santorini, yaitu Pantai Perissa dan Perivolos atau pergi ke Akrotiri untuk melihat reruntuhan kota yang dulu dijadikan pemukiman penduduk Aegea. The unique caldera and the beauty of the island will blow your mind away!


pi ct ure pe rf ec t

The Beauty of

NATURAL SCULPTURE

The Antelope Canyon terletak di tanah dekat Navajo Page, Arizona. Lebih mirip lukisan minyak dari pada formasi batuan. Nama Navajo untuk Antelope Canyon adalah Bighanilini Tse, yang berarti “tempat di mana air mengalir melalui batu-batu.�

MARCH / 2012

10

TEKS: ALEXAMZAH

The Antelope Canyon


Luray Caverns

Formasi stalagmit dan stalaktit yang terletak di sungai bawah tanah Luray Caverns, Virginia, merupakan pemandangan yang sangat menakjubkan. Ditambah lagi, efek pantulan airnya di langit-langit gua mirip dengan pantulan emas.

11 MARCH / 2012


coff bodeey trea talkt

Jazz Rasa Angkringan Jogja menawarkan jazz dengan rasa yang berbeda seraya mendobrak batasan kalangan penikmatnya.

M

endengar kata Jogja, benak kita akan langsung membuat asosiasi dengan berbagai macam atribut menarik yang dimiliki kota tersebut. Mulai dari liburan, gudeg, batik, hingga angkringan nasi kucing yang bertebaran di hampir semua jalan di Jogja. Berbicara soal angkringan, pernahkah terpikir adanya satu momen saat kita menikmati musik jazz di ruang terbuka, bisa dibilang di tepi jalan, sambil ngangkring bersama teman-teman? Susah agaknya dibayangkan, mengingat genre musik jazz yang selama ini hampir selalu terasosiasi dengan musik yang ‘mahal’ (just take a look at the ticket price for jazz events in Indonesia!) dan hanya bisa dinikmati di lounge atau klub ekslusif dengan mayoritas penonton dewasa. Well, surprise! Di Jogja, pemandangan ‘jazz angkringan’ itu tidaklah asing lagi. Jika kebetulan berada di Jogja pada hari Senin malam, sempatkanlah untuk berkendara di sekitar daerah Kotabaru, melewati gedung Bentara Budaya. Pada pukul 7 malam, biasanya tempat itu mulai dipadati oleh crowd yang sebagian besar terdiri dari mahasiswa. Mereka berkumpul dari berbagai penjuru Jogja, melepaskan atribut yang berbeda-beda, untuk

MARCH / 2012

12


TEKS: PULUNG UCI FOTO: PRASWA JATI DWIHANDONO

satu tujuan yang sama yaitu menikmati musik jazz di acara ‘Mben Senen.

performer, serta bagian dari Komunitas Jazz Jogja yang keanggotaannya sangat terbuka.

Jazz ‘Mben Senen merupakan acara rutin mingguan yang diadakan oleh Komunitas Jazz Jogja, yang terdiri dari para musisi serta penikmat jazz di kota gudeg ini. Melalui berbagai acara dan media, komunitas ini memiliki misi untuk membangun kedekatan antara jazz dan masyarakat dengan mengubah stigma elit dan mahal yang selama ini menempel di genre musik tersebut.

Selain dari kedekatan yang terbangun antara pengunjung dan performer, suasana merakyat juga sangat terasa. Di lokasi acara terdapat warung angkringan yang menyediakan berbagai street snack khas, mulai nasi kucing berukuran mini dengan lauk sederhana, berbagai macam gorengan, kerupuk, sate, serta teh panas, kopi, atau wedang jahe. Pengunjung dipersilahkan untuk menikmati santapan tersebut sembari mendengarkan musik, baik berdiri, duduk, maupun lesehan. Tak jarang terdengar derai tawa yang muncul sebagai reaksi terhadap banyolan yang diucapkan MC dalam bahasa Indonesia campur Jawa.

Konsep acara Jazz ‘Mben Senen ini sangat menarik. Sesuai dengan namanya, acara ini diadakan rutin setiap hari Senin malam. Di pelataran gedung Bentara Budaya, penonton diajak untuk menikmati music jazz dalam suasana akrab dan merakyat. Suasana dikondisikan untuk membangun interaksi antara performer dan penonton, dengan memaksimalkan interaksi dan partisipasi dari pengunjung. Tak jarang, pengunjung yang datang dengan niatan hanya untuk menonton justru berakhir di panggung untuk satu jam session atau sekedar membanyol bersama MC. Banyak pengunjung reguler acara ini yang akhirnya menjadi

Semakin malam, suasana semakin ramai dan acara pun semakin semarak. Ditemani musik, jajanan angkringan, dan crowd yang menyenangkan, who says Monday suck?

13 MARCH / 2012


travel tips

You VS Jet Lag Cari tahu terlebih dahulu berapa banyak perbedaan waktu destinasi liburan dengan wilayah tempat tinggal Anda. Apabila perbedaan waktunya cukup signiďŹ kan, coba ubah waktu di jam Anda sesuai waktu destinasi sekitar 2 hari sebelum keberangkatan. Lakukan rutinitas makan dan tidur sesuai dengan waktu tersebut sehingga tubuh sudah mulai terbiasa dengan ritme kegiatan di destinasi Anda.

Stay Hydrated Dehidrasi merupakan salah satu penyebab jet lag. Hindari alkohol, kafein, dan asupan lainnya yang dapat menyebabkan dehidrasi. Perbanyaklah minum air selama Anda berada di dalam pesawat

In-Flight Stretching Jangan biarkan badan Anda kaku karena terlalu lama duduk selama berada di pesawat. Lakukan

MARCH / 2012

14

peregangan ringan atau jalan-jalan di koridor pesawat untuk menghindari sakit punggung serta rasa pegal.

Awake until Bedtime Ketika sampai di destinasi Anda dan waktu lokal belum menunjukkan waktu tidur, lakukan kegiatan untuk mencegah Anda tidur. Habiskan waktu dengan berjalan-jalan, sehingga nantinya Anda tetap tidur sesuai dengan waktu lokal.

Get On with It Cobalah untuk menikmati liburan Anda semaksimal mungkin. Rasa excited terhadap tempat baru biasanya dapat membantu menghilangkan efek jet lag dari sisi psikologis. The key is to have fun and enjoy your vacation!

TEKS: WILMA HARTYANDARI

Adjusting Your Body

Tidak ada yang menyukai jet lag, tiba di tempat liburan Anda dalam keadaan lelah dan mood yang tidak bagus dapat mengganggu liburan. Beat jet lag and enjoy your vacation!


advertorial

Learning America at

@america Mengenal Amerika tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk pergi langsung ke sana.

A

merika tidak hanya sebatas film-film Holywood, musik terbaru, atau produk-produk konsumen. Banyak hal dari Amerika yang kita bisa pelajari, dan untuk mengetahuinya tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke Amerika. Sejak 2 Desember 2011 di Pacific Place – Jakarta, telah hadir @america, pusat kebudayaan Amerika yang dapat memberikan banyak informasi tentang negara tersebut secara lengkap. Pemilihan Indonesia sebagai lokasi pertama @america didasari oleh hubungan baik yang selama ini terjalin antara pemerintah Amerika dan Indonesia. Dikemas dalam penyajian yang interaktif dan berteknologi tinggi, @america memberikan peluang bagi para generasi muda Indonesia untuk berdialog mengenai topik yang menjadi minat mereka yang tentunya berhubungan dengan Amerika. Bukan hanya budaya, tapi juga informasi tentang pendidikan, teknologi, dan pariwisata – semua dapat diperoleh secara gratis.

Jason Rebholz, Assistant Cultural Attaché for @america, menjelaskan bahwa belajar di Amerika juga menjadi keinginan dari banyak generasi muda Indonesia, dan @america memberikan kemudahan fasilitas informasi tentang peluang untuk belajar di Amerika, program beasiswa yang tersedia untuk pelajar di Indonesia, dan informasi tentang universitas yang bisa mereka pilih. “Pendidikan menjadi tujuan utama dari keberadaan @america, kami menginginkan banyak generasi muda Indonesia kembali untuk mencari informasi tentang pendidikan di @america,” tambah Jason. Dengan keberadaan @america, diharapkan generasi muda Indonesia dapat mengenal Amerika dari banyak sisi sehingga terjalin hubungan yang dinamis antara Amerika dan Indonesia, terutama dalam peningkatan pendidikan di generasi muda.

@america Pacific Place Mall 3rd floor #325 Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53 Kebayoran Baru, Central Jakarta, 12190 W: www.atamerica.or.id 10.00 - 21.00

15JANUARY / 2012


For Your

BREATHTAKING MOMENT Surga bagi pasangan yang menginginkan tempat dengan atmosfer romantis.

A

pabila Anda merencanakan sebuah momen penting yang romantis dan memerlukan spot sempurna untuk mendukung rencana Anda, Anda harus mempertimbangkan The Breeze Restaurant. Berada di kompleks The Samaya Bali Villas Seminyak, tempat ini menjadi pilihan para pasangan yang menginginkan pengalaman romantis. Sebagai salah satu beachside spot yang paling digemari di daerah Seminyak, banyak pasangan yang datang ke tempat ini untuk menikmati makan malam romantis atau sekadar bersantai di bar terbuka sambil menikmati pemandangan indah dengan ditemani berbagai pilihan cocktails yang tersedia. MARCH / 2012

16

Matahari terbenam merupakan salah satu momen yang paling ditunggu. Cahaya jingga yang membuat air laut terlihat menjadi keemasan menjadi salah satu main view untuk melengkapi atmosfer romantis di The Breeze Restaurant. Hembusan angin laut serta desiran ombak akan membuat malam Anda bersama pasangan menjadi momen sempurna yang tidak terlupakan. This is the perfect place for quality romantic moment! The Breeze Restaurant, The Samaya Seminyak. Jl. Laksmana Seminyak Beach, Bali T : + 62 361 731149 F : + 62 361 731203 E : japansales@thesamayabali.com W: www.thesamayabali.com

07.oo-23.00 (Setiap hari)

TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: DOK. DESIGN HOTELS

cou ple spo t


gran d jour ney

MARCH / 2012

18


The Sweetest Temptation of

BRUSSELS Deretan toko-toko mungil yang cantik di sepanjang jalan berbatu dari ratusan abad yang lalu, dihiasi oleh bunga-bunga bermekaran di pinggir jalan dan di jendela-jendela rumah, dengan aroma cokelat yang manis dari seluruh penjuru kota mengiringi perjalanan Anda.

19 MARCH / 2012


QUICK!FACTS Konon, penjualan cokelat terbesar di dunia adalah di Bandara Internasional Brussels.

P

ertama kali saya tiba di Brussels, saya melanjutkan perjalanan dari Kota Amsterdam. Penerbangan dari Jakarta memang kebanyakan akan mendarat di Amsterdam sebelum melanjutkan perjalanan dengan kereta yang memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam, kecuali Qatar Airways yang mendarat di Zaventem Airport di pinggiran kota Brussels. Berkeliling di Brussels harus berhati-hati karena sebagian besar petunjuk ditulis dengan bahasa Belanda atau Perancis. Di pusat kota pun, stasiun kereta terbagi-bagi menjadi Bruxelles Midi, Bruxelles Nord, Bruxelles Zoud, dan Bruxelles Centralle. Saya sendiri turun di Bruxelles Centralle, pusat keramaian turis. Jika salah turun stasiun, mencari taksi akan lebih repot dan jauh lebih mahal. Setelah keluar dari stasiun, saya langsung disambut oleh sebuah bangunan gereja yang megah dengan ornamen yang rumit. Gereja berbentuk memanjang dengan menara-menara yang menjulang tinggi berbentuk kerucut merupakan ciri khas gereja di Belgia. Aroma wae dan cokelat sudah tercium dari kejauhan. Saya harus memperingatkan Anda, tidak ada aktivitas yang lebih baik dilakukan di Brussels selain mencoba makanan khasnya. Siapkan perut anda untuk wisata kuliner yang spektakuler!

MARCH / 2012

20

Brussels memiliki kontur berbukitbukit, jalanannya naik turun dan cukup DAY melelahkan. Jangan lupa memakai 1 sepatu yang nyaman karena Anda akan banyak berjalan kaki untuk mengunjungi objek wisatanya. Jalanan di Brussels masih asli dari berabad-abad yang lalu, dengan batu-batu besar yang disusun rapi namun banyak celah dan tidak rata. Saya sarankan untuk tidak memesan sarapan pagi di hotel karena Brussels memiliki banyak jajanan menarik di setiap sudutnya. Katanya, toko

Bruxelles Centralle.


dengan sangat cantik. Favorit saya adalah waffle dengan whipped cream melimpah yang meleleh terkena panas waffle dengan taburan buah stroberi yang dilapisi dengan cokelat putih, sementara di atasnya ditambahkan selai cokelat dan blueberry. Ternyata waffle asli Belgia memang beda, rasanya lebih berisi dan padat! Beberapa ratus meter dari Maneken Pis, terletak pusat keramaian turis yang utama, yaitu Grote Markt atau Grand Place. Ciri khas dari Belgia adalah setiap kotanya memiliki Grote Markt dan di

Manneken Pis. waffle yang paling terkenal terletak di dekat objek wisata yang paling terkenal pula, yaitu monumen lambang Kota Brussels ini yang disebut Maneken Pis. Setelah mengikuti petunjuk jalan, akhirnya saya tiba di jalanan tempat monumen ini berada, namun monument itu sendiri belum terlihat. Saya hanya dapat melihat orang yang berkerumun di sudut kecil di ujung jalan. Setelah mendekat, barulah saya sadar bahwa monumen lambang kota Brussels hanya setinggi kurang dari 50 cm. Maneken Pis, seperti namanya, adalah patung seorang anak yang sedang pipis! Konon, pada abad pertengahan, Brussels sedang diserang oleh musuh yang ingin memusnahkan seluruh kota dengan menempelkan bahan peledak di dinding tembok yang mengelilingi kota. Seorang anak kecil bernama Jullianske yang sudah memata-matai musuh ini pipis di sumbu peledak yang sudah mulai terbakar, maka selamatlah kota dari kehancuran. Dari kerumunan, saya sudah dapat mencium aroma yang manis. Hanya beberapa langkah dari patung Maneken Pis, terdapat deretan kios waffle yang menarik. Le Funambule Waffles memiliki waffle dengan berbagai jenis topping yang ditampilkan

Belgian waffle. dalamnya terdapat town hall yang menjadi pusat kegiatan warga dari berabad-abad yang lalu. Grote Markt Brussels adalah yang paling spektakuler dari semua kota. Kawasan ini merupakan lapangan persegi empat yang dengan gedung-gedung bersejarah dengan desain arsitektur spektakuler. Setiap sisi lapangan memiliki desain yang berbeda. Carilah bangunan dengan menara tertinggi dengan patung Saint Michael sedang menebas iblis di ujungnya; inilah Brussels Town Hall, pusat pemerintahan kota. Di seberangnya terdapat gedung berwarna hijau yang disebut King’s House meskipun tidak ada raja yang pernah tinggal di sini. Dulu, pada saat Brussels berpindah kekuasaan ke Duke of Brabant, sang Duke ingin menandingi municipal power dari town hall, maka ia membangun gedung ini. Sekarang King’s House menjadi museum sejarah Brussels. Di satu sisi, saya melihat gedung-gedung berwarna keemasan yang megah, dulunya dibangun oleh pedagang-pedagang kaya, sementara di sisi lainnya

21 MARCH / 2012


King’s House . terdapat restoran-restoran cantik yang sudah ada dari zaman dahulu. Saya juga menelusuri jalanan di sekeliling Grote Markt yang menyimpan banyak gedung tua cantik. Di belakang restoran tua di Grote Markt, terdapat Stock Exchange Brussels. Sementara di area Place du Grand Sablon terdapat banyak toko barang antik. Orang Belgia menganggap serius toko barang antik dan umumnya mereka memiliki lisensi. Harga barang yang ditawarkan pun lumayan mahal. Apabila Anda tertarik membeli barang antik namun memiliki budget terbatas, coba berburu di Sunday Market. Keasliannya memang dipertanyakan namun desainnya sendiri cukup bagus. Gang-gang kecil di sebelah King’s House menuntun saya ke deretan restoran yang menyediakan menu tradisional khas Brussels yaitu Mosselen (Mussels/ Kerang) yang disajikan dengan kentang goreng di Rue des BouchersBeenhouwerstraat. Mosselen merupakan jenis makanan yang lumayan mewah, harga per MARCH / 2012

22

Mosselen. porsinya sekitar 13 hingga 25 Euro (termasuk bir) tergantung restoran. Anda dapat memilih 3-course menu yang dilengkapi dengan salad dan makanan penutup dengan harga sekitar 35 Euro. Setelah puas makan, saatnya saya menelusuri galeri di sebelah deretan restoran. Royal Gallery of Saint Hubert dibangun oleh King Leopold pada tahun


malam. Ternyata suasana malam hari di tempat ini sangat berbeda: obor-obor dinyalakan dan musik melantun dari akordion dan biola di sepanjang jalan. Romantis! Pagi hari kedua saya habiskan dengan berburu makanan khas Brussels lainnya yaitu Frituur atau kentang goreng. Meskipun terjemahan dalam bahasa Inggris adalah french fries, namun makanan ini aslinya berasal dari Belgia. Di sini, Frituur disajikan dengan dipping sauce yang pilihan rasanya mencapai puluhan, mulai dari mayones, tartar, cocktail, hingga kari. Bagi Anda yang beragama Islam, harus hati-hati memilih restoran karena kebanyakan Frituur digoreng dengan lemak babi. Anda dapat menemukan ratusan kios Frituur di seluruh penjuru Belgia, namun katanya yang paling enak adalah Frituur No.1.

DAY 2

Anda pasti sudah pernah dengar kalau Belgia terkenal dengan cokelatnya. Di seluruh penjuru kota terdapat toko-toko cokelat dengan bentuk-

Royal Gallery of Saint Hubert . 1800-an. Galeri ini seperti sebuah jalan memanjang dengan toko-toko berderet di kedua sisinya namun terdapat atap kaca di atasnya. Meskipun sekarang dapat dilewati oleh semua orang, dulunya galeri ini hanya dapat dinikmati para bangsawan. Jam masih menunjukkan pukul tiga sore, dan ini adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke Parc du Cinquantenaire-Jubelpark. Taman ini juga dibangun oleh King Leopold untuk menandai 50 tahun kemerdekaan Belgia pada tahun 1880. Di kompleks taman ini terdapat Millitary Museum, Art Museum, Auto Museum, Temple of Human Passion, dan Masjid. Ternyata komunitas muslim di Brussels cukup besar. Jangan lupa berfoto di arch-nya yang sangat megah. Dari sini saya juga mendapatkan pemandangan ke lower town tempat Grote Markt berada. Setelah puas menelusuri taman, saya pergi ke Place du Chatelain yaitu area dengan deretan restoran yang cantik untuk menyantap makan

Jubelpark.

Hello: Bonjour (bawn-jur) Goodbye: Au revoir (or rev-vua) Please: S’il vous plait (si vu play) Excuse me: Pardon (par-dawn) Thank you: Merci (mear-si) Do you speak English?: Vous parlez anglais? (vu par-lay awn-glay) Bill please: L’addition s’il vous plait (la di-si-awn si vu play) How much is this?: C’est combien? (say com-bi-awn) Where are the toilets?: Où sont les toilettes? (oo sawn lay twa-let)

23 MARCH / 2012


Chocolate Museum at Rue de la Tete D’or. bentuk yang sangat unik. Mulai dari bentuk kelinci, sepatu, hingga cokelat yang dibentuk menyerupai hutan! Tidak terbayang kan? Untuk mendalami cokelat, Anda dapat mengunjungi sebuah museum kakao dan cokelat di Rue de la Tete D’or untuk belajar tentang berbagai jenis cokelat dan cara pembuatannya. Kalau ingin berbelanja cokelat, ada beberapa merek cokelat terkenal yang tokonya dapat Anda temui di sekitar Grote Markt ataupun Galery Saint Hubert seperti Guylian, Godiva, NeuHaus, hingga Pierre Marcolini. Namun, penduduk setempat sepakat bahwa yang terlezat adalah cokelat Leonidas. Saya menyempatkan membeli satu kotak cokelat yang baru matang dan saya pilih satu persatu rasanya dengan teliti. Sang chocolatier memasukkan cokelat ke dalam kotak yang kemudian dibungkus dengan pita yang cantik.

karena banyak kelinci liar yang berkeliaran. Kalau Anda membawa sayuran dan wortel ke taman, pasti makhluk mungil berbulu ini akan muncul dan mendekati Anda!

Satu hal yang menarik dari Belgia adalah semua merek cokelat terkenal sperti Godiva dan Guylian juga membuka kafe di samping butik cokelatnya. Saya mencoba makan siang di Godiva Cafe. Hampir semua makanannya memiliki bahan dasar cokelat. Salah satu makanan tradisional Belgia adalah daging kelinci yang dimasak dengan kakao, dan rasanya seperti semur yang ternyata sangat lezat. Kelinci menjadi salah satu makanan khas Belgia

Setelah makan siang, saya melihat-lihat toko-toko kecil cantik yang menjadi khas Brussels. Ternyata salah satu oleh-oleh khas Brussels adalah tapestry dan lace (permadani hiasan dinding dan renda) Belgian Lace terkenal sangat cantik dan sering menjadi bahan baju kebesaran para ratu di Eropa semenjak dahulu sehingga harganya lumayan mahal. Renda juga dibuat menjadi hiasan, taplak meja, dan baju boneka.

MARCH / 2012

24

Leonidas Chocolate.


Pada saat berkeliling, sesekali saya melihat lukisan tokoh kartun Tin-Tin di sudut jalan dan juga toko-toko yang menjual suvenir Tin-Tin. Ternyata Brussels juga terkenal dengan industri kartunnya, termasuk Tin-Tin yang paling terkenal. Apabila Anda penggemar komik, coba kunjungi Comic Strip Museum di Rue de Sables 20. Anda dapat melihat roket dari komik Tin-Tin dan bar tempat Lucky Luke suka menembakkan pistolnya.

!

Ada cerita tragis di balik pembangunan gedung Town Hall yang megah. Karena karyanya tidak sempurna, sang arsitek bunuh diri dari menara tertinggi gedung ini. Coba hitung jumlah jendela di sayap kanan dan sayap kiri. Apakah anda bisa menebak letak kesalahannya?

Patung Maneken Pis mengenakan kostum yang berbeda-beda mengikuti perayaan setiap minggunya. Pada saat saya berkunjung waktu bulan Ramadhan, Maneken Pis pun menggenakan baju koko dan peci! Apabila anda menyukai aliran seni surealis, berkunjunglah ke Margritte Museum. Karyakaryanya sangat unik dan kadang memiliki optical ilussion. It will be a great muse for you.. Brussels mencapai puncak keindahannya setiap dua tahun sekali yaitu pada bulan Agustus. Di Grote Markt akan digelar “Flower Carpet”, yaitu ribuan bunga begonia yang disusun membentuk pola seperti karpet. Luasnya pun mencapai 1.800 meter.

Belgian Lace. Sorenya, saya berjalan-jalan di wilayah istana dan Brussels Park yang berjarak 20 menit dari Grote Markt dengan berjalan kaki. Kawasan istana sendiri berada di belakang Brussels Park, yatu kawasan taman terbesar di pusat kota Brussels. Di sekeliling taman ini juga ada gedung opera Théâtre Royal du Parc dan gedung megah Belgian Federal Parliament yang dulunya merupakan istana Council of Brabant. Hingga kini, Belgia menganut sistem pemerintahan monarki yang dipimpin oleh King Albert II. The Royal Palace of Brussels merupakan tempat sang raja melaksanakan tugas kenegaraan, namun dia sendiri tidak tinggal di istana ini melainkan di Royal Castle of Laeken di pinggiran kota Brussels. Bangunan awal istana yaitu Palace of Coudenberg berasal dari abad ke-11 yang berfungsi sebagai benteng kota dan merupakan kastil kediaman Duke of Brabant. Bangunan istana dan sayapnya ditambahkan pada abad ke-19 oleh King Leopold II. Istana hanya dibuka untuk umum pada tanggal 20 Juli hingga 13 September, yaitu pada saat para anggota keluarga kerajaan pergi untuk liburan musim panas. Kita dapat menyaksikan ballroom yang indah, potret anggota kerajaan turun temurun, dan ruangan “Heaven of Delight” dengan langit-

Sepeda bukanlah pilihan transportasi ideal karena jalanan Brussels yang berbatu dan berbukit-bukit akan membuat anda kelelahan.

Brussels Park. langit hijau zamrud yang serasi dengan lampu kristal yang bernuansa magis.

DAY 3

Hari ini saya bertualang ke sebuah desa bernama Brugge yang juga menjadi tujuan turis utama di Belgia. Desa ini sudah beumur 1.000 tahun dan merupakan potret kehidupan

25 MARCH / 2012


Century 21 Department Store

ThÊâtre Royal du Parc. pedesaan Belgia zaman dahulu kala. Sebelum pergi menggunakan kereta, saya membeli perbekalan yaitu brootje met ham (sandwich) di kedai favorit saya Panos yang dapat ditemui di setiap pusat keramaian dan stasiun kereta. Sandwich di Belgia berbeda dari negara Eropa lainnya, roti baguet-nya selalu fresh dari oven sehingga masih terasa garing di luar dan lembut di dalam. Topping dan sausnya bisa dipilih sendiri. Perjalanan ke Brugge memakan waktu sekitar 1 jam melalui kereta. Pada saat keluar stasiun, saya harus berjalan kaki ke pusat keramaian sekitar 20 menit. Saya disambut dengan pemandangan yang cukup kontras dari Brussels yaitu hamparan bukit dihiasi rumput hijau di taman yang luas, pepohonan rindang, dan keluarga yang piknik di pinggir sungai kecil yang mengalir jernih. Mendekati pusat kota, deretan rumah dan toko kecil kuno menghiasi jalanan, membuat saya merasa seperti berada di negeri dongeng. Tur yang paling disarankan di Brugge adalah Canal Tour. Saya menelusuri sungai yang membelah Kota Brugge dan melewati bangunan-bangunan bersejarahnya. Berbeda dengan canal tour di

MARCH / 2012

26

Brugge. Amsterdam dan Venice, di sini air sungai masih sangat jernih mengalir. Perahu saya pun diiringi oleh angsa-angsa yang berenang dengan anggunnya. Terdapat banyak kafe-kafe terbuka yang nyaman di sepanjang sungai. Setelah puas berkeliling, saya berhenti di Grote Markt Brugge. Di pusat kota Brugge ini, terdapat menara lonceng di atas sebuah bangunan benteng yang dapat dinaiki. Bangunan bentengnya cukup spektakuler, namun saya harus menempuh 400 anak tangga yang sempit untuk mencapai puncaknya. Pemandangan dari atas cukup indah, namun tidak


Canal tour Brugge.

TEKS: NESA DESKANDINI, FOTO: ELSENMEIM, FMPGOH, FOTOOS VANROBIN, SKRIVANET, RITA WILLAERT, JOHN HEDIKE, LEONIDAS, ERE GOEDBE, SAYZEY, KLABATSMAN

sebanding dengan capeknya! Karena saya hanya dapat melihat pemandangan dari celah yang sempit. Rasanya saya terkena tourist trap‌. Brugge juga terkenal dengan brewery dan museum birnya. Di museum bir, selain menunjukkan cara pembuatannya, mereka juga menampilkan berbabai macam bir dari seluruh dunia, termasuk Bir Bintang dari Indonesia! Penikmat bir jangan sampai lewatkan pengalaman minum bir khas Belgia yang juga sangat terkenal. Merek Bir dari Belgia yang terkenal enak adalah Stella Artois dan Jupiller. Tunjukkan jari kelingking anda ke bartender, dan mereka akan otomatis memberikan segelas Stella berukuran kecil. Hari terakhir saya habiskan untuk mengeksplorasi sisi modern DAY dari Brussels. Tujuan pertama 4 adalah Atomium di Boulevard du Centenaire. Atomium merupakan salah satu landmark dari Brussels yang berbentuk seperti rangkaian atom dengan tinggi 102 m. Bangunan ini ditujukan untuk World Expo pada tahun 1958. Di dalamnya terdapat museum dan exhibition hall, sementara dari puncaknya saya dapat menyaksikan pemandangan panoramik Kota Brussels yang spektakuler. Ibu kota dari Belgia ini memang tergolong kecil dibandingkan dengan ibu kota di negara Eropa lainnya, namun Brussels adalah Head Quarter

Atomium. European Union dan NATO. Mumpung berada di kota ini, saya naik taksi dan berhenti di depan kedua bangunan tersebut untuk berfoto. Headquarter EU berada di area European quarter yang sekaligus menutup perjalanan saya di Brussels. Saya selalu melakukan ritual perpisahan dengan Brussels sebelum pergi, dengan membeli es krim favorit saya di dekat Grote Markt. Es krim homemade di Brussels terkenal dengan teksturnya yang creamy dan lezat. Rasa favorit saya adalah Straciatella (es krim vanila dengan serpihan cokelat) dan rasa kacang pistachio. Sambil memakan es krim, saya memandangi hiruk pikuk Grote Markt, berangan-angan kapan akan kembali ke sini.

27 MARCH / 2012


Mulai Mulai 32 Euro/ malam

Mulai 150 Euro/ malam

Hotel Amigo Rocco Forte (www.hotelamigo.com ) Hotel yang bergaya ini berada sangat dekat dari Maneken Pis dan Grote Markt. Keluar dari hotel Anda langsung berada di jalanan tempat Maneken Pis berdiri dan hanya butuh 2 menit untuk sampai ke Grote Markt.

Hotel La Madeleine (www.hotel-la-madeleine.be) Keunggulan dari hotel ini selain harganya yang murah adalah lokasinya yang sangat dekat dengan stasiun. Grote Markt berjarak 10 menit dengan berjalan kaki.

Qatar Airways menawarkan harga lebih murah dengan waktu tempuhnya yang lebih lama (24 jam) sudah termasuk transit di Doha. Pilihan lainnya adalah Emirates yang terbang ke Amsterdam. Dari sana, gunakan kereta Inter City atau kereta cepat dengan tarif 30 Euro.

Tram &Metro: 2 Euro/trip. Tiket harian 4,5 Euro atau tiga harian 12 Euro. Sepeda: Tersedia di 180 titik dalam kota. Gratis untuk setengah jam pertama, selanjutnya 0,5 Euro. Biaya registrasi 1,5 Euro. Sewa per minggu 7 Euro. Tur kereta kuda: 18 Euro/ride. Grote Markt & Gallery Saint Hubert: Kerajinan tapestry, lace, suvenir, dan cokelat. Boulevard de Waterloo: Untuk berbelanja merek mewah khas Eropa seperti LV dan Gucci. Avenue Louise: Di dekat Boulevard de Waterloo, shopping street paling ramai di Brussels dengan toko-toko desainer lokal. Rue Antoine Dansaert: Desainer highend lokal Belgia dengan toko-toko yang dihias dengan stylish. Letaknya dekat gedung Brussels Stock Exchange. Rue Neuve & Rue de Namur: Merek internasional seperti Zara dan Mango.

MARCH / 2012

28

Provider yang umum digunakan adalah Proximus, Mobistar, dan Base, masingmasing dengan pilihan paket yang berbeda. Secara umum tarif Base merupakan yang paling murah untuk SMS ke dalam (0,12 Euro) maupun luar negeri (0,4 Euro). Telepon ke luar negeri sekitar 1 Euro/menit. 220 volt dengan colokan yang serupa dengan Indonesia Spring: Maret-April Summer: Juni-Agustus (peak season) Autumn: September-November Winter: Desember-Januari

Harga minuman beralkohol di Belgia mulai dari 10 Euro. Brussels terkenal dengan birnya, jadi jangan lewatkan itu. Crystal Lounge (crystallounge.be) HTM: 150 Kc Pada siang hari tempat ini merupakan tempat yang tenang. Namun pada malam hari Crystal berubah fungsi menjadi klub yang populer di Brussels dengan layanan, pencahayaan, dan musiknya yang sempurna. Mappa Mundo (www.mappamundo.com ) HTM: Gratis Club ini terkenal sering dikunjungi oleh orang asing dan aristokrat muda Eropa. Minumannya terkenal cukup bervariasi dan atmosďŹ rnya edgy.

BUDGET Day 1 Waes, Moselen, & 3 Course Dinner Tram Ticket Day Pass

40 Euro 4,5 Euro

Day 2 Frituur, lunch, dinner Tram Ticket day pass Royal Palace of Belgia Chocolate Shopping Lace for Souvenirs

40 Euro 4,5 Euro Free 50 Euro 30 Euro

Day 3 Sandwich, lunch, dan dinner Train ticket to Brugge PP Boat Tour

40 Euro 30 Euro 7 Euro

Day 4 Ice Cream, lunch, dan dinner Atomium + Mini Europe Metro ticket day pass

35 Euro 20 Euro 4,5 Euro

Pesawat PP Airport tax Hotel x 4 malam

TOTAL *1 Euro = Rp 18.216

700 Euro Rp 150.000 500 Euro

18.216.000


urba n stor y

The Art of

SHOPPING

Tawar menawar seru demi memenuhi sebuah hasrat berbelanja.

B

epergian ke mana pun, saya selalu menyempatkan untuk melakukan satu hal penting, belanja! Berbelanja di kota asing memberikan sensasi tersendiri, terutama jika mengunjungi negara yang bahasanya tidak saya kuasai. Alhasil, hanya angka di kalkulator saja yang menjadi cara berkomunikasi universal. Sewaktu berkunjung ke Bangkok, saya menyempatkan berbelanja di kompleks pedagang kaki lima yang terdapat di depan Central World, dekat tempat saya menginap. Di salah satu kios yang menjual kaus bergambar gajah, penjualnya menuliskan harga berdasarkan ukuran pada sebuah papan. Saya bertanya harga kaus gajah MARCH / 2012

30

berukuran M, dia pun menjawab “100 Baht. No bargain!� Setelah sibuk memilih, akhirnya saya membeli dua kaus hitam dan satu kaus putih berukuran M, saya mengeluarkan 300 Baht. Sang penjual menggelengkan kepala, sambil menunjukan kalkulator dia berkata “350 Baht!� Alasannya karena harga untuk kaus putih berbeda yaitu 150 Baht. What a trick! Sebelumnya dia tidak pernah menyebutkan itu. Saya pun mengotot untuk membayar harga yang sama untuk semua kaos atau tidak jadi membeli. Dengan muka kesal, sang penjual pun mengambil 300 Baht dari tangan saya. Saya tersenyum sambil melenggang meninggalkannya merutuk sendiri dalam bahasa Thailand.


TEKS & FOTO: VIVIANA ASRI

Berbeda dengan pengalaman berburu barang di Silk Market, Beijing. Di tempat ini semua toko memberikan harga pembuka yang sangat mahal. Mereka sengaja menaikkan harga gila-gilaan dari harga jual sebenarnya, sehingga saya harus menawar 1/8 hingga 1/4 harga yang ditawarkan. Di sebuah toko perlengkapan outdoor, saya mendapatkan satu jaket hitam seharga 160 Yuan dari harga pembuka 850 Yuan, fantastis bukan? Selain itu, berbelanja di tempat ini dipenuhi dengan ‘adegan drama’. Sebuah trik lama saya lakukan dengan berpura-pura meninggalkan toko agar dipanggil kembali oleh penjual demi sebuah harga yang saya inginkan. Atau seperti kejadian di sebuah toko tas di mana sang penjual meneriaki

saya “You crazy lady!” di tengah kerumunan pembeli lainnya karena harga penawaran saya dianggap terlalu murah. Tidak peduli apa yang dia teriakkan, tapi akhirnya sebuah hand bag putih nan cantik saya dapatkan dengan harga 100 Yuan dari harga pembuka 600 Yuan. Sambil membayar, saya bertanya kenapa harga yang ditawarkan amat tinggi, sang penjual bilang karena turis dari Indonesia dan Malaysia selalu menawar dengan harga yang amat rendah. “Like you did,” tambahnya disertai dengan senyum sinis. Well, it’s the art of shoppin, right? We just play the same trick, like they did.

31 MARCH / 2012


on top

Keindahan Alam Yang Mewah New Zealand menantang urban traveler untuk mencicipi alamnya.

K

Dengan mengikuti “Adventures in New Zealand Luxury”, Anda dapat menikmati destinasi menarik yang ditawarkan oleh New Zealand secara lengkap. Berangkat dari Auckland ke arah Utara dan singgah di Maritime Park di New Zealand, taman laut terbaik di sini. Anda bisa menggunakan speed boat untuk mengeksplorasi teluk tersembunyi yang ada di wilayah tersebut, menikmati keindahannya ditemani segelas anggur atau hanya sekadar bersantai memanjakan indera penglihatan Anda. Di Taupo, rasakan “kolam air hangat alami” berupa danau natural dengan air hangat. Private helicopter akan membawa Anda menikmati pemandangan gunung-gunung berapi dari atas sebelum Anda menginjakkan kaki di White Island Crater. Susuri sungai dengan menggunakan kayak untuk mencapai Maori Rock, salah satu situs bersejarah terkenal di daerah ini. MARCH / 2012

32

Di daerah Queenstown, Anda akan menginap di Blanket Bay Lodge, sebuah penginapan dengan gaya pegunungan yang terletak di sepanjang Danau Wakatipu. Tersedia jet boat untuk para tamu yang ingin menyusuri danau tersebut. Masih banyak aktivitas menarik lainnya yang dapat dilakukan di sini, dari memancing hingga menikmati segelas champagne di tepian pegunungan. There’s no better way to toast the end of a mind blowing trip! Black Tomato W: www.blacktomato.com E : info@blacktomato.com

TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: DOK. BLACK TOMATO

etika mendengar New Zealand, pasti yang terbayang adalah sebuah petualangan seru karena alamnya yang indah dan menantang untuk dieksplorasi. Saat ini, urban traveler banyak memilih New Zealand sebagai destinasi mereka, terutama sebagai destinasi liburan yang dapat memompa adrenalin.


wond erful world

M

acan tutul salju atau Panthera uncia mungkin terkenal akan kemampuannya bertahan di alam yang keras dan bersalju di Asia Tengah. Namun beda halnya saat dihadapkan dengan manusia. Selain merambah habitat sekaligus mengurangi jumlah mangsanya, manusia juga memburu macan tutul salju untuk bulu serta keperluan obat tradisional Asia. Tidak heran statusnya kini terancam punah. Snow Leopard Trust (www.snowleopard.org) memiliki sebuah toko online yang hasil penjualannya akan disumbangkan. Anda juga dapat menyumbang langsung atau mengadopsi dari boneka, kamera riset, hingga satu keluarga macan tutul salju lengkap.

TEKS: CITA ARSITA FARANI

QUICK!FACTS Macan Tutul Salju yang masih kecil selalu mengikuti induknya selama 3 bulan untuk melalui musim dingin pertama mereka.

33 MARCH / 2012


exp lore

Plesiran ala RAJA KARANGASEM

Mengunjungi tempat-tempat peristirahatan Sang Raja. MARCH / 2012

34


35 MARCH / 2012


MARCH / 2012

36


Melaka Art Festival

K

etika orang-orang memilih untuk diving di Amed atau Tulamben, saya lebih memilih menghabiskan waktu kunjungan saya di Karangasem dengan mengunjungi tempat-tempat yang dibangun oleh Raja Karangasem. Pagi itu saya bangun lebih awal, padahal saya baru tidur beberapa jam saja. Perjalanan di hari sebelumnya dari Ubud menuju Karangasem memang hanya beberapa jam saja, tapi karena harus mampir ke daerah Manggis terlebih dahulu, akhirnya saya tiba terlalu malam di hotel tempat saya menginap – Tirta Ayu. Padahal alasan saya memilih hotel ini adalah lokasinya yang berada di dekat Taman Air Tirta Gangga, taman yang dibangun oleh Raja Karangasem sebagai tempat peristirahatan. Rasa penasaran saya sejak malam sebelumnya ternyata mampu mengusir rasa kantuk di pagi hari. Saya beranjak keluar dari kamar menuju kedai yang di luar kompleks hotel untuk minum teh manis yang menghangatkan badan. Namun saya mendadak berhenti ketika mendapati bahwa hanya beberapa langkah saja dari tempat saya menginap, saya sudah

berada tepat di sebuah taman luas dengan air di mana-mana. ‘Wow!’ saya hampir berteriak kagum sendirian. Tirta Gangga yang terletak di Desa Ababi Abang merupakan kompleks taman dengan beberapa kolam air yang bersumber dari mata air di lerenglereng bukit di dekatnya. Taman ini dibangun oleh Raja Karangasem bergelar Anak Agung Angluerah Agung Ketut Karangasem pada tahun 1948. Tirta Gangga terdiri dari beberapa kolam tempat pemandian. Salah satunya merupakan kolam yang sering digunakan Raja untuk berenang ketika berlibur di tempat ini. Salah satu sumber mata air yang terletak di area sembahyang ditutupi dengan pagar. Rupanya ada larangan memegangnya karena dianggap suci oleh masyarakat sekitar. Yang menarik, ada sebuah tugu air mancur yang terletak di bagian tengah taman. Menurut salah satu staf hotel, air mancur itu dibuat tanpa alat bantu, hanya menggunakan sistem hidrolik alami yang tercipta akibat tekanan dari bangunan menaranya sendiri.

37 MARCH / 2012


Selain Tirta Gangga, Raja Karangasem juga memiliki ‘tempat berlibur’ lainnya. Atas rekomendasi dari Nana, seorang kawan yang tinggal di Karangasem, saya diantar menuju Taman Soekada yang terletak di Desa Ujung. Taman ini juga terkenal dengan nama Taman Ujung. Dengan konsep air, Taman Ujung merupakan ‘water palace’ yang dibangun oleh Raja Karangasem sebelum membangun Tirta Gangga yaitu pada tahun 1909 dan kemudian pembangunannya dilakukan secara bertahap hingga tahun 2001 mengalami beberapa restorasi.

MARCH / 2012

38

Taman Ujung memiliki beberapa bangunan terpisah, dua diantaranya terletak di atas kolam besar, yaitu Balai Gili dan Balai Kambang. Terdapat lambang kerajaan Belanda dan simbol naga di relief bangunan. Beberapa arsitektur bangunan di Kerajaan Karangasem sangat dipengaruhi oleh kerajaan Belanda dan Cina, hal itu terjadi karena keakraban yang terjalin antara Raja Karangasem dengan Kerajaan Belanda dan Cina di masa itu.

Penting! Warga sekitar Tirta Gangga dapat memasuki area taman secara gratis, sedangkan wisatawan dikenakan biaya masuk. Taman Ujung sempat hancur akibat letusan Gunung Agung pada tahun 1963 dan gempa bumi besar yang melanda Karangasem tahun 1979. Bangunan yang saat ini berdiri telah mengalami restorasi. Sebaiknya menyewa motor untuk berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya karena jarak yang cukup jauh.

TEKS & FOTO: VIVIANA ASRI

Di sebelahnya, terdapat sebuah kolam dengan banyak patung dan batu pijakan yang berkelokkelok untuk menyeberangi kolam dari sisi yang satu ke sisi yang lainnya. Saya pun tertarik untuk mencobanya, namun bukannya terus melangkah, saya malah berhenti berkali-kali di atas batu pijakan karena asyik memperhatikan patung-patung di kolam ini. Meski dari kejauhan tampak sama, ternyata masing-masing patung memiliki wajah dan bentuk yang berbeda, dan semuanya membawa senjata yang berbeda pula.


“Di ujung atas sana ada Balai Kapal, sering dipakai foto prewed loh!” Nana menunjuk sebuah bangunan bergaya Eropa di atas bukit. Dari kejauhan bentuk bangunannya tampak seperti sebuah chapel tanpa kubah, terlihat klasik dan unik, sayangnya kurang terawat. Sebagai pintu masuk taman, tempat ini dijadikan tempat pemberhentian oleh Sang Raja untuk memperhatikan lalu lintas kapal di Selat Lombok sebelum beristirahat di Balai Gili. Dari tempat ini pula terlihat Gunung Agung berdiri gagah di kejauhan.

Selanjutnya, saya diajak ke tempat tinggal Sang Raja – Puri Agung Karangasem, yang terletak di pusat kota Amlapura. Puri ini dibangun oleh Raja Karangasem I – Anak Agung Gede Jelantik pada abad ke-19 M. Seiring dengan ‘hilangnya’ Kerajaan Karangasem, tidak tampak adanya aktivitas apapun di tempat ini. Dari tiga bagian kompleks puri, hanya bagian dalam saja yang bisa ‘dinikmati’, sedangkan bagian depan dan tengah dialihfungsikan dan tidak terawat. Setiap bagian dibatasi dengan pagar dan hanya memiliki satu pintu masuk.

39 MARCH / 2012


Garuda Indonesia melayani rute penerbangan Jakarta-Denpasar dan Denpasar-Jakarta setiap hari, dengan jadwal penerbangan paling pagi dari Jakarta pukul 06:15 WIB dan penerbangan terakhir pukul 22:45 WIB. Cek jadwal penerbangan selengkapnya di www.garuda-indonesia.com Denpasar-Karangasem: sewa mobil, taksi, atau naik angkutan umum (colt-elf ataupun bus) jurusan Denpasar-Amlapura.

Bangunan utama di bagian dalam puri disebut ‘maskerdam’, diadaptasi dari nama kota Amsterdam, yang digunakan sebagai istana raja. Di bagian depan bangunan terdapat 3 buah pintu: pintu ruangan di kiri yang berisi kursi sofa berwarna putih, pintu tengah yang terhubung dengan lorong ruangan untuk menuju bagian dalam bangunan, dan pintu paling kanan yang tertutup rapat. Perhatian saya tertuju pada ukiran bernuansa Cina di daun pintunya, dengan latar warna biru dan ukiran berwarna emas bergambar orang dan binatang yang seakan menceritakan sebuah kisah. Saya dan Nana akhirnya menebak-nebak cerita dari ukiran tersebut. “Mungkin ini cerita Sun Go Kong?” saya pun berkelakar. Meninggalkan maskerdam, saya memasuki london. Ini bukan kota di Inggris sana, melainkan tempat tinggal keluarga Raja. Sayangnya banyak bangunan yang sudah berubah bentuk menjadi hunian modern. Saya pun bergegas meninggalkan area tersebut dan menuju bagian tengah puri. Dari arah pohon leci yang besar, saya menyusuri taman-taman kecil. Terdapat pintu yang menuju Bale Pawedaan tempat dilangsungkannya upacara keagamaan. Dari semua tempat yang saya kunjungi, kesan saya adalah: Raja Karangasem di masa lalu sangat tahu cara berlibur yang menyenangkan, meskipun mereka tidak berakhir pekan dengan menyelami bawah laut di Amed ataupun Tulamben. MARCH / 2012

40

Selain angkutan kota dengan jurusan yang sesuai, coba sewa motor di tempat berikut: SMP Saraswati Amlapura, Jl. Letda Bajra No.6 Amlapura T: +62 363 21163 Candi Dasa RC, Jl. Raya Candidasa Bugbug Karangasem T: +62 363 41225

Jika mau menghemat, lakukan daytrip DenpasarAmplapura. Namun bisa menginap untuk menghabiskan waktu lebih lama. Tirta Ayu Hotel PO Box 168, Amlapura 80852 Bali (Tirtagangga, The Water Palace, Karangasem) T / F: +62 363 22503 E: info@hoteltirtagangga.com www.hoteltirtagangga.com Harga mulai USD 125,++

Garuda Indonesia Jakarta – Bali (PP) (lowest price)

Rp 1.118.400,-

Airport tax (PP) 2x Rp 40.000,-

Rp. 80.000,-

Sewa Kendaraan Ubud – Karangasem

Rp 100,000

Karangasem – Denpasar

Rp 70.000

Makan 2x

Rp 100.000,-

Tiket Masuk Tirta Gangga

Rp. 5.500,-

Tiket Masuk Taman Soekada

Rp. 4.000,-

TOTAL

Rp 1.468.400,-


logb ook : stay

SLEEP LIKE A KING Kamar yang dulu digunakan oleh Raja kini disediakan hanya untuk Anda.

J

ika Anda berkunjung ke Karangasem, sempatkan untuk menginap di Tirta Ayu Hotel & Restaurant. Tidak seperti hotel berbintang di daerah Karangasem yang kebanyakan terletak di daerah pantai, Tirta Ayu berada di kompleks Tirta Gangga, taman air yang dibangun sebagai tempat berlibur Raja Karangasem. Tirta Ayu hanya menyediakan 5 unit kamar yang merupakan kamar-kamar yang dibangun dan digunakan oleh Raja Karangasem untuk beristirahat ketika berlibur ke Tirta Gangga. Dengan jumlah kamar yang terbatas, Tirta Ayu merupakan tempat menginap ekslusif bagi mereka yang menginginkan privasi dan ketenangan. Dari 5 unit kamar yang dimiliki, kamar terbesar merupakan Villa Raja, yaitu kamar yang digunakan MARCH / 2012

42

Raja selama berada di Tirta Gangga. Selain ukuran kamar yang lebih besar, letaknya pun lebih tinggi dibanding kamar-kamar lainnya dengan pemandangan langsung menghadap ke arah taman. Desain bernuanasa Bali begitu kental baik di bagian luar dan dalam ruangan. Kamar yang dilengkapi dengan tempat tidur berukuran besar serta furnitur antik memberikan suasana klasik saat berada di dalamnya. Tiga unit kamar lainnya merupakan Superior Villa dengan arsitektur bernuansa Bali. Ukuran kamarnya paling kecil dan tidak dilengkapi dengan televisi. Sedangkan 1 unit lainnya merupakan Pool Villa, sebuah kamar yang menghadap ke kolam renang serta memiliki tampilan yang modern, berbeda dengan 4 kamar lainnya.


TEKS: VIVIANA ASRI FOTO: VIVIANA ASRI, DOK. TIRTA AYU HOTEL & RESTAURANT

Restaurant Swimming pool Room service Airport transfer Traditional massage Doctor on call Tours package and transport WiFi Cooking class Weeding ceremonies service Honeymoon package Catering service

Perbedaan yang paling terlilhat pada desain Pool Villa terlihat di bagian kamar mandi. Jika 4 unit lainnya menggunakan shower berbentuk patung dan bath tub yang memang sudah ada sejak didirikan oleh Raja Karangasem, kamar mandi di Pool Villa tidak memiliki bath tub, hanya dilengkapi dengan shower bergaya modern. Nikmati pula menu pilihan di Tirta Ayu Restaurant, dari kuliner Eropa, makanan khas Bali yang jarang Anda temui, hingga pilihan menu khusus vegetarian. Menu besar ini biasanya disajikan untuk dinikmati bersama-sama lebih dari satu orang. Tirta Ayu Restaurant kerap dipenuhi pengunjung yang melakukan one day trip ke Karangasem, karena di tempat ini tamu dapat menikmati makan siang mereka sambil memandangi pesona Tirta Gangga dari meja makan.

Tirta Ayu Hotel & Restaurant

Tirta Gangga The Water Palace, Karangasem, Bali, Indonesia PO BOX 168 Amlapura 80852 T: +62 363 22503 F: +62 363 22503 Sales contact: +62 81558 001934 / +62 812 36 08053 E: info@hoteltirtagangga.com / tirtagangga@dps.centrin.net.id W: www.hoteltirtagangga.com

43

Mulai USD 125++ per malam

43 MARCH / 2012


logb ook : sho p

SURGA UNTUK KOLEKTOR An interesting place where age doesn’t matter.

U

mur tidak akan pernah menjadi penghalang untuk bermain dengan mainan berbentuk superhero, tentara, dan karakter film favorit. Toyzone, sebuah toko khusus action figure, hadir untuk memfasilitasi para peminat mainan unik ini. Toyzone menawarkan tingkat keragaman action figure yang cukup tinggi. Anda tidak hanya akan menemukan action figure berbentuk tokoh animasi di toko ini, namun juga yang berbentuk karakter film, karakter game, dan tokoh-tokoh band legendaris seperti Slash, Elvis, Bon Jovi, Jimi Hendrix, serta anggota band The Beatles. Koleksi Toyzone mencapai sekitar 1500 buah action figure, mulai dari yang setinggi 3 inci hingga yang berukuran real life. Untuk karakter Star Wars, koleksinya mencapai 500 buah! MARCH / 2012

44

Mayoritas koleksi di Toyzone didatangkan dari Amerika Serikat. Anda pun tidak perlu ragu mengenai keasliannya. Action figure yang dikeluarkan oleh merek bernama McFarlane biasanya berbentuk karakter dari berbagai film science action thriller seperti Alien vs Predator dan Spawn. Mattel, sang produsen Barbie, mengeluarkan action figure untuk karakter di film He-Man maupun Lords of the Ring. Sementara itu action figure keluaran Marvel berbentuk karakter para superhero. Yang akan cukup menarik bagi wanita adalah action figure keluaran Side Show yang biasanya mengambil karakter film laga dan dibuat dengan wajah mirip dengan aktor yang membintangi film tersebut. Contohnya adalah action figure Prince of Persia yang berwajah Jake Gyllenhaal.


TEKS & FOTO: FRANSISCA TALLULAH

Walaupun area toko ini tidak terlalu luas, Toyzone memiliki display yang cukup menarik, termasuk dua hal yang menjadi pusat perhatian. Pertama, Toyzone memajang action figure Predator berukuran real life yang lumayan mengerikan. Kedua adalah kotak kaca semacam diorama yang menggambarkan peperangan besar dalam kisah Star Wars. Semua tokoh terlihat sedang bertarung dengan latar belakang berbagai bangunan di Tatooine, salah satu planet dalam peta perbintangan karangan George Lucas. Jika Anda berbelanja di Toyzone, ketahuilah bahwa harga semua action figure masih dapat ditawar! Paling tidak Anda dapat mengharapkan potongan dengan mengeluarkan kalimat sakti seperti, “Mas, bisa turun berapa?”

Toyzone The Droids Café, Lt. 2 Jl. Bangka Raya 5D Jakarta Selatan T: +62-21 7182356 E: toyzoneshop@yahoo.com W: www.toyzoneshop.com

12:00-22:00 (setiap hari)

Rp 50.000 – Rp 80.000.000

45

MARCH / 2012


logb ook : dine

“S

Kedai Kak Ani Homey and Yummy!

Masakan khas Medan milik Kak Ani yang sudah turun temurun berada di keluarganya.

MARCH / 2012

46

emua menu yang tersedia di kedai ini dimasak dengan cinta,� tutur Kak Ani. Kedainya yang sudah beroperasi selama kurang lebih dua tahun ini memang terkenal dengan rasa makanannya yang enak. Berada di daerah Kemang Selatan, Kedai Kak Ani banyak didatangi oleh orangorang yang mendambakan makanan khas Medan. Menu yang ditawarkan memang biasa ditemukan di kios-kios makan kaki lima Kota Medan, hanya saja Kak Ani membuatnya terasa lebih enak karena sentuhannya. Masuk ke kedai ini, keramahan para pelayan yang bekerja di sana akan langsung menyambut Anda. Komposisi warna hijau dan putih yang mendominasi ruangan kedai yang ukurannya tidak terlalu besar itu akan langsung membuat Anda nyaman. Sofa empuk siap menemani Anda menyantap menu-menu yang tersedia di Kedai Kak Ani. Yang menarik adalah, penataan dapur terletak di depan, tidak seperti kebanyakan tempat makan lain yang meletakkan dapurnya di belakang. Lontong Sayur Medan merupakan salah satu menu jagoan kedai ini. Rasanya yang sedap, apalagi ditambah dengan sentuhan ebi yang ditaburkan di atasnya, membuat menu ini sangat menonjol. Tidak heran banyak yang jauh-jauh datang ke kedai


TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: DOK. KEDAI KAK ANI, ALEXAMZAH

ini untuk mencicipinya dan akhirnya ketagihan. Beranjak ke menu andalan berikutnya yaitu Sate Daging. Anda akan dikejutkan oleh kelembutan tekstur daging has dalam yang digunakan untuk menu ini, bumbu kacang yang digunakan sate ini dibuat berbeda dengan bumbu kacang sate pada umumnya. Rasanya begitu menyatu dan membuat Anda tidak ingin berhenti menyantapnya! Teman yang cocok ketika menyantap hidangan bersantan adalah Es Jeruk Ketna, minuman segar dengan rasa unik ini terbuat dari jeruk khas Medan yang langsung didatangkan dari sana. Apabila Anda adalah penggemar teh tarik, Kedai Kak Ani menyediakan Teh Menarik, rasanya sangat enak! Selesai menyantap menu utama, pastikan Anda mencicipi makanan penutup yang tersedia. Tiga jagoan menu pencuci mulutnya adalah Lupis, Ketan Kinca Durian, dan Pisang Penyet, yang katanya merupakan makanan kegemaran dari salah satu putri Kak Ani. “Sebagian besar makanan yang ada disini merupakan makanan favorit anak-anak dan menantu saya,� cerita Kak Ani.

Kedai Kak Ani Jl. Kemang Selatan No. 125A T: +62 21 719 8587

09.00-22.00 (Minggu-Kamis) 08.00-23.00 (Jumat & Sabtu) Makanan Rp 15.000-60.000 Minuman Rp 7.000-25.000 Cozy and delicious!

47 MARCH / 2012


uniq ue lodg e

GOING UNDER

Suite eksklusif di 155 meter di bawah tanah.

B

agaimana rasanya menginap di lokasi yang dulunya merupakan tambang perak? Pada sekitar tahun 1500-1700-an, perak merupakan komoditas yang sangat penting di Swedia, menjadikan Sala Silver Mine sebagai warisan yang bernilai historis tinggi. Untuk membawa kembali kejayaan masa lalu, Wohnzimme dan Ulrika AndrĂŠn mendesain sebuah Mine Suite di kedalaman 155 m di bawah tanah. Mine Suite sendiri berada di dekat sebuah aula bawah tanah yang hampir selalu ramai oleh berbagai hiburan. Tamu yang menginap akan turun ke level 155 m dengan elevator

MARCH / 2012

48


TEKS: CITA ARSITA FARANI FOTO: PAPPILABILD, JAN-OLOF Ă…KERLUND

dan dibawa berkeliling dalam guided tour menelusuri lorong-lorong dan area sekeliling. Setelah tur, sebuah keranjang berisi refreshment disajikan dan tamu dapat bebas menikmati suasana tenang tambang ini. Di pagi hari, sarapan akan disajikan dan tamu pun dibawa kembali ke permukaan tanah. Area tambang ini dibentuk sekitar abad ke-18, dan ruangan yang kini dipakai sebagai suite sendiri dibangun dengan teknik yang diperkirakan memakan waktu 6-10 tahun. Furnitur di Mine Suite bernuansa perak sesuai dengan sejarah tambang, sementara chandhelier dan candleholder menerangi permukaan halus dinding dan atap batu, memberikan kesan klasik dan romantis untuk pasangan yang menginap. Pakaian yang tebal dan hangat wajib dibawa karena suhu di kedalaman hanya 2 derajat Celsius, namun tenang saja karena Mine Suite telah dihangatkan hingga 18 derajat Celsius serta dilengkapi selimut tebal dan listrik. Suasana tenang dan terpencil semakin kuat karena tidak ada sinyal ponsel, dan sebagai gantinya tamu diberikan sebuah radio interkom untuk berkomunikasi. Toilet tersedia di dekat Mine Suite, namun tamu harus naik ke area hostel di permukaan untuk mandi.

Guided tour Children tour High wire adventure track Cave diving Meeting room Restaurant In-house entertainment

SALA SILVERMINE Dr. Christinas väg SE-733 36 Sala Swedia T: +46 (0)224-677 250, 224-677 260 E: booking@salasilvergruva.se W: www.salasilvergruva.se

Mulai

3.990 SEK per malam (2pax)

49 MARCH / 2012


advent ure

MARCH / 2012

50


Menguras Nafas di

CUNCA RAMI Trekking ringan menembus belantara Mbeliling demi Cunca Rami.

51 MARCH / 2012


D

i Manggarai Barat, tersembunyi di antara hutan raya Mbeliling, ada tiga air terjun yang menarik untuk dikunjungi: Cunca Rami, Cunca Wulang, dan Cunca Lolos. Selebihnya, di satu-satunya areal hutan paling luas di pulau Flores ini terdapat Danau Sano Nggoang yang begitu kaya akan ragam hayati. Saya mengunjungi Cunca Rami belum lama. Beberapa teman merekomendasikan air terjun ini untuk didatangi. Padahal menurut saya yang MARCH / 2012

52

namanya air terjun mah sama saja. Tidak ada bedanya. Namun, di sisi lain saya juga tidak pernah mampu menahan rasa ingin tahu terhadap sebuah destinasi baru, apalagi jika diberi embel-embel,�Air terjun ini jarang dikunjungi lho...� rayu teman saya. Saya memang punya kecenderungan yang melankolis. Tempat yang hening dan jauh dari keramaian selalu menjadi idaman. Saya lebih memilih Ubud daripada Kuta, lebih memilih wine


ketimbang bir, lebih memilih hutan dibanding mal, dan jauh lebih menggandrungi Ebiet G. Ade daripada Agung Hercules. Maka sebuah air terjun di tengah hutan Mbeliling pastilah lebih menarik daripada Pulau Komodo yang sekarang ramai. Menuju Cunca Rami, saya harus berkendara dengan mobil sewaan melalui jalan trans Flores sejauh 30 kilometer dari kota Labuan Bajo ke arah Gunung Mbeliling. Jalur punggung gunung yang berkelakkelok membuat mual siapa saja, termasuk teman saya Dede yang mukanya berubah kusam dan memilih diam selama perjalanan. Setelah satu jam berkendara, saya memasuki Desa Wae Lolos, mobil SUV sewaan melewati permukiman warga setempat dengan jalur aspal selebar satu

mobil saja. Dan kami pun disambut dengan lambaian tangan dan senyum ceria oleh anak-anak kecil yang sedang bermain di depan halaman. Senyum anakanak Flores itu memang manis betul! Tidak ada senyum di Indonesia Raya ini yang semanis senyum anak-anak Flores. Senyum magis yang membuat rindu para petualang manapun yang sudah pernah datang ke Flores. Mobil saya pun berhenti di depan sebuah rumah. Ini adalah rumah mertua dari Mikael Nongko, kawan sekaligus guide saya dalam menemukan Cunca Rami. Sebelum melanjutkan trekking, saya dan kawankawan memang sudah memesan makan siang kepada mertua Mikael untuk dibawa menuju air terjun.

53 MARCH / 2012


Semalam hujan mengguyur, membuat licin jalur trekking menuju Cunca Rami. Berulang kali saya terpeleset dan hampir terpelanting. Sandal gunung saya memang sudah cukup berumur, bagian dasarnya sudah hampir halus sehingga tidak mampu mencengkeram tanah dengan baik. Ini semacam shuing dance dengan cara yang tidak keren. Saya dan kawan-kawan harus sering berpegangan pada pohon, belukar, atau apa saja untuk menahan tubuh kami agar tidak terperosok. Setelah menuruni bukit, saya dihadapkan pada hamparan sawah kering yang ditanami padi gogo. Beberapa kerbau tampak asyik merumput. Sial bagi Riri, kawan saya yang berbaju merah. Seekor kerbau mulai mendengus kesal, bagai sebuah banteng marah yang digoda matador dengan kain merah. Kerbau itu mencoba meraih Riri, barangkali ingin menyeruduk lantas menghempaskan Riri ke tanah. Tapi syukurlah, pemiliknya tidak alpa mengikat kuat MARCH / 2012

54

kerbau galau tadi pada sebuah pasak. Selamat bagi Riri yang berada di luar jangkauan sang kerbau. Saya pun melintasi sebuah kebun nanas, sungai kecil berbatu licin, hutan mini penuh bambu, sawah kering berpadi gogo lagi, hingga sampai ke lokasi air terjun. Cunca Rami berada di ketinggian 1.200 mdpl, air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini sebetulnya sudah terlihat dari bukit dan persawahan beberapa ratus meter sebelumnya. Tepat di bawahnya ada sebuah kolam besar yang berair jernih. “Enggak tau berapa meter dalamnya, dulu ada bule yang menyelam tapi juga tak bisa menyentuh dasarnya,� kata Mikael. Cunca Rami dianggap sebagai penyanggah sumber mata air terbesar di desa-desa sekitarnya. Menurut cerita Kae, seorang nenek dari Kampung Rangat, Cunca Rami berasal dari kata cunca (air terjun) dan rami (hutan). Kae bilang, ada legenda turun temurun tentang hutan yang ia dapatkan dari


banyak mendaki. Bagi para traveler yang jarang berlatih kardio tentu jalur pulang ini terasa berat. Termasuk Atre, kawan saya yang juga jurnalis di sebuah majalah lifestyle. Gaya hidup Atre sendiri tidak terlalu sehat. Sehari-hari ia lebih sering menghabiskan waktu menulis di depan computer, jadilah ia keteteran dan menekuk muka akibat kurang udara. Jantung Atre bergedup-degup mengalahkan suara tonggeret.

Kota Labuan Bajo menuju Desa Wae Lolos (30 kilometer) dengan menggunakan mobil sewaan. Dari Desa Wae Lolos trekking menuju Cunca Rami dimulai.

TEKS: AYOS PURWOAJI FOTO: ASTRI APRIYANI

generasi sebelumnya. Syahdan, hutan yang masuk wilayah Kampung Lamung ini merupakan daerah terlarang untuk dimasuki manusia. Apalagi jika datang sendiri. “Hutan ini rincing,� katanya. Rincing dalam bahasa Manggarai berarti angker. Alhasil, tidak ada yang datang ke sini. Hingga ada seorang dukun sakti Kampung Lamung yang bernegosiasi pada penunggu hutan. Tawar menawar itu berhasil dan kini Cunca Rami aman untuk dikunjungi. Saya berpikir, barangkali mitos lokal seperti ini yang menjaga hutan dan Cunca Rami tetap lestari. Cerita tentang dedemit hutan atau raksasa gunung memang seringkali diperlukan untuk menjaga sebuah destinasi dari kerusakan yang ditimbulkan oleh manusia. Mitos semacam ini mudah sekali ditemui di daerah-daerah yang dianggap keramat di sudutsudut Nusantara. Kami membuka bekal makanan, sembari berkelakar kami menikmati tengah hari di kaki Cunca Rami. Kanopi pepohonan membuat tempat ini senantiasa teduh. Satu dua pengunjung juga datang, termasuk seorang bule yang datang seorang diri. Makan siang ini sekaligus penambah tenaga karena kami yakin trekking jalur pulang akan menguras tenaga. Perjalanan berangkat cenderung turun. sementara, perjalanan pulang sebaliknya; lebih

Guide: Mikael Nongko Cita Travel Service 081339326502

Pelangi Hotel Kampung Ujung T: +62 385 41034 Komodo Eco Lodge Hotel Jln. Pantai Pede Km 3 T: +62 385 41391, 081339187127 Golo Hilltop Hotel Jln. Waerana T: +62 385 41337, 081339355525

Hotel per malam Makan Sewa mobil PP Labuan Bajo - Desa Wae Lolos

Total:

Rp 40.000 Rp 20.000 Rp 400.000

Rp 460.000

55 MARCH / 2012


edit or’s list

Dieng

Local Taste Deretan penganan dan minuman ringan yang membuat perjalanan Anda ke Dieng semakin menyenangkan.

MARCH / 2012

56


57 MARCH / 2012


QUICK!FACTS Purwaceng adalah tanaman yang dianggap dapat meningkatkan vitalitas dan stamina

Seduhan Purwaceng C

obalah minuman hangat Purwaceng yang bikin greng! Purwaceng (Pimpinella alpina) adalah tumbuhan endemik yang diolah masyarakat Dieng sebagai minuman penghangat badan. Rasanya hangat seperti jahe, khasiatnya dahsyat seperti ginseng. Minuman ini sangat cocok sebagai teman untuk mengusir hawa malam Dieng yang cukup menggiriskan. Purwaceng saat ini juga dijual dalam bentuk bubuk dengan kemasan modern sehingga dapat dibawa pulang sebagai buah tangan. Bahkan jenisnya pun menjadi lebih bervariasi: purwaceng untuk

MARCH / 2012

58

pria, purwaceng untuk wanita, purwaceng telur, purwaceng susu, dan sebagainya. Banyak warung di Dieng yang menjual minuman ini. Termasuk deretan warung yang berdiri di depan pintu masuk komplek Candi Arjuna.

Sekitar Rp 3.000/cangkir.


Kentang Goreng

TEKS & FOTO: AYOS PURWOAJI

I

ni adalah tumbuhan yang merajai Dieng. Pada ketinggian 2093mdpl dengan kondisi tanah yang kering dan hawa dingin, kentang adalah satusatunya tumbuhan sumber karbohidrat yang mampu bertahan. Selain kentang, sebetulnya penduduk juga menanam lombok, kubis, atau bawang. Tapi tetap saja kentang adalah primadona utama. Setiap pagi, saya melihat barisan mobil pick up penuh kentang yang dibawa turun ke Wonosobo. Kentang goreng (french fries) dalam potongan jumbo adalah penganan yang mudah sekali ditemukan di Dieng. Tidak seperti kentang goreng ala resto siap saji yang diiris ramping dan panjang, kentang goreng khas Dieng bagaikan satpam gemuk

dan pendek. Isinya padat berisi. Enak dimakan sembari menonton matahari tenggelam di selasela candi. Banyak dijual di warung-warung di Dieng. Dikemas dalam wadah sterofoam dan bisa ditambah perasa keju, balado, BBQ, atau sekadar pedas saja. Bonus tusuk gigi dan saus sambal.

Sekitar Rp 10.000/kotak.

59

MARCH / 2012


Manisan Carica S

edangkan snack yang menjadi kebanggaan Dieng adalah manisan Carica (Carica pubescens). Saya yakin buah ini masih satu famili dengan pepaya. Bentuk pohonnya mirip, bentuk buahnya tak jauh berbeda, rasanya juga hampir sama. Bedanya, buah carica ini lebih kecil ketimbang pepaya. Biasa tumbuh di punggung bukit yang banyak tersebar di dataran tinggi Dieng. Rasa manisan buah carica sangat segar! Dagingnya berwarna kuning dan direndam dalam cairan gula. Cocok dimakan oleh pejalan yang lelah sehabis trekking atau ibu muda yang sedang hamil. Manisan buah carica menjadi industri rumah tangga yang banyak dikembangkan oleh ibu-ibu Dieng. Mereka mengemas dalam wadah plastik atau botol kaca. Tiap toko suvenir dan oleh-oleh di Dieng menjual manisan pepaya gunung ini.

MARCH / 2012

60

Sekitar Rp 7.000/botol

Also try:

Mie Ongklok Makanan non-snack khas Dieng yang patut Anda coba. Teksturnya sangat spicy dan cenderung pedas. Satu mangkuk bisa membuat kenyang dan badan terasa hangat. Kripik Jamur Jamur juga merupakan industri yang banyak ditemui di Dieng. Hawa yang selalu lembab menyebabkan jamur tumbuh subur. Penduduk lokal mengolahnya menjadi keripik.


tech gee k

Vital Evolution

PRIC

$249.99 E: (Wi-Fi) $299 (www.te .99 (3G) knoup.co m)

Penerus PlayStation Portable yang menjadi wujud evolusinya.

M

TEKS: CITA ARSITA FARANI

engingat PlayStation Portable (PSP) yang dirilis bertahun-tahun lalu, banyak kekurangan yang dibawanya. Namun penggemarnya, terutama penggemar fanatik, tetap saja mengagungagungkan handheld console tersebut. Sony pun memutuskan sudah saatnya memberikan evolusi PSP dan lahirlah PS Vita.

PS Vita merupakan PSP yang dikemas dan disenjatai dengan berbagai elemen yang tingkatnya jauh di atas pendahulunya. Tombol-tombok kendali masih sama dengan PSP, namun dua joystick membuat sistem kendalinya mirip dengan konsol rumahan PlayStation 2 dan 3. Tampilannya terlihat lebih membulat dengan layar OLED 5 inci yang mampu menampilkan grafis resolusi tinggi. Namun yang paling menonjol tentunya adalah fitur layar sentuhnya!

Di bagian belakang, sebuah mikrofon dan kamera beresolusi 0.3MP menjadi pelengkap pengalaman bermain Anda. Berbeda dengan PSP yang ‘rapuh’, PS Vita lebih tangguh dan tahan lama meskipun ringan di dalam genggaman. Tidak hanya dari bodinya yang kuat, baterainya pun mampu menemani Anda bermain lebih lama meskipun dengan grafis canggih yang tentu lebih menuntut tenaga baterai. Dari segi ‘isi’, prosesor quadcore yang juga digunakan di iPad 2 akan memastikan waktu Anda bersama PS Vita berjalan dengan lancar. Sayang tidak ada memori internal yang tersedia, jadi Anda harus membeli kartu memori jika tidak hanya ingin bermain di menu utama PS Vita. Tapi hal ini hanyalah kendala kecil di tengah deretan kegagahan PS Vita.

61 MARCH / 2012


gam gam es es & list & list en en

B Kapan lagi membantu buaya mandi?

Rating:

erbeda dengan buaya lainnya, Swampy adalah buaya ramah yang tinggal di bawah tanah dan hanya ingin mandi ditemani mainan bebek karetnya. Sayangnya buaya lain selalu mengganggu saluran airnya dengan merusak pipa. Andalah yang harus menyalurkan air dengan menggali tanah melalui sentuhan tangan, mengarahkan air dalam jumlah yang cukup ke pipa kamar mandi Swampy agar ia

bisa mandi. Air ini akan mengalir sesuai jalur dan dapat mengambil mainan bebek Swampy dalam perjalanannya. Tentu saja seiring waktu permainan tidak akan sesederhana itu. Ada pipa yang dapat menyalurkan air ke sisi lain, alga hijau yang tumbuh dan menghalangi jalan jika terkena air, atau cairan hijau yang dapat menyerap air hingga habis.

FREE or $0,99

Full version iPad,iPhone, iPod touch, Adroid

Butterfly

Kembalinya ‘pelangi’ di perayaan ulang tahunnya yang ke-20.

Rating:

MARCH / 2012

62

L

ebih dari 4 tahun sejak album terakhir “KISS” keluar, “Butterfly” akhirnya dirilis dan diisi deretan single pengisi jarak antar kedua album tersebut serta dilengkapi beberapa lagu baru. Secara keseluruhan, lagu-lagu album ini masih sangat khas musik L’arc~en~Ciel. Bahkan bisa dibilang tidak ada kejutan baru yang dibawa band yang namanya berarti pelangi

ini. Meskipun demikian, kesebelas lagunya tetap kuat dengan harmonisasi antara vokal dan alat musik yang memang membuat para pendengarnya jatuh cinta. Dibuka dengan lagu menghentak “Chase” dan ditutup dengan lagu yang mirip pengantar tidur “Mirai Sekai”, album ini cukup membayar kerinduan penggemarnya.

TEKS: CITA ARSITA FARANI

Artis: L’arc~en~Ciel Rilis: 2012


sce ne & read

The Ides of March Sutradara: George Clooney Pemain: Ryan Gosling, George Clooney, Marisa Tomei Durasi: 158 menit

Rating:

D

iadaptasi dari drama panggung berjudul “Farragut North�, film ini menceritakan tentang Steven Myers, seorang tangan kanan Mike Morris, gubernur yang sedang mencalonkan diri menjadi presiden Amerika Serikat. Steven merupakan ahli komunikasi yang telah banyak mengerjakan berbagai kampanye, dan ia percaya bahwa Mike benar-benar akan mengubah negara menjadi lebih baik. Konflik mulai muncul

begitu tawaran datang dari kubu kandidat lawan, gagalnya Mike bekerja sama dengan seorang kandidat lain, sementara Steven pun terlibat secara romantis dengan seorang wanita magang. Akting para pemainnya bisa dibilang menjadi kunci utama film ini, sementara sinematografinya bisa dibilang bermain aman dan plotnya cenderung linear. Sebuah film yang bagus, namun tidak terasa perlu untuk menonton ulang.

10 Juta Rupiah Keliling Qatar & Umrah Pengarang: Laily Nihayati Harga: Rp 38.000 Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

TEKS: CITA ARSITA FARANI

D

engan niat awal beribadah umrah, Laily baru melirik negara Qatar setelah dengan cermat melihat bahwa biayanya akan relatif lebih murah bila melewati Doha, ibu kota Qatar, dibandingkan langsung ke Mekah. Jarak antara keduanya hanya 18 jam dengan bus. Kapan lagi niat religius bisa berjalan bersama hasrat travelling? Berbeda dengan Dubai yang populer,

Qatar bisa dibilang merupakan negara tetangganya yang tidak banyak dikenal. Padahal banyak yang bisa dieksplorasi di negara ini. Di bagian pertama buku ini, tersedia informasi lengkap untuk berkeliling Qatar, termasuk pemaparan spot wisata, anggaran, kamus singkat, proses visa, dan lainnya. Sementara bagian kedua memaparkan pengalaman Laily selama umrah.

63

MARCH / 2012


pho tograph y less on

MEMOTRET HUMAN INTEREST Membuat koneksi dengan subjek foto.

MARCH / 2012

64 64


M

emotret Manusia atau Human Interest terbagi menjadi 2 yaitu Potrait dan Candid. Terlepas dari subjek Anda sadar atau tidak ketika fotonya diambil, sebenarnya hal yang harus diperhatikan adalah teknik pencahayaan (exposure) dan komposisi untuk mengkomunikasikan apa yang ingin disampaikan. 1

3

Anda mungkin ingin mengambil foto orang-orang di keramaian tetapi tidak ingin mereka untuk sadar akan kamera. Ada beberapa cara untuk pengambilan gambar secara candid tanpa menimbulkan gangguan. Pertama, tentukan apa yang ingin Anda potret. Carilah spot tepat dengan memperhatikan semua elemen komposisi yang ada, setelah itu tunggu momen ketika subjek “berpose” sesuai dengan keinginan dan selaras dengan komposisi yang ada. Jika Anda menggunakan lensa tele dan berjarak beberapa meter dari subjek, Anda harus bisa menebak kira-kira apa yang akan dilakukannya, dan terus memotret sampai mendapatkan ekspresi wajah dan tubuh yang tepat. Yang terpenting adalah jangan membuat orang lain merasa terganggu ketika Anda mengambil gambar. Masih ada yang menganggap hal itu adalah pelanggaran privasi.

Mendekatlah Kesalahan paling umum adalah bahwa posisi fotografer tidak cukup dekat dengan subjek foto. Dalam beberapa kasus, objek utama atau point of interest terlihat terlalu kecil (biasanya diambil secara candid), hasil akhirnya pun akan terlihat sangat biasa. Jangan malu mendekati objek foto Anda, ajaklah berkomunikasi dan buatlah dia merasa nyaman supaya dengan senang hati berpose untuk Anda.

2

Observasi Pengaturan di mana Anda membuat gambar Human Interest ini penting karena akan menambah pemahaman audiens pada subjek Anda. Lakukan observasi terhadap subjek Anda untuk dapat lebih mengenal mereka sehingga hasil foto Anda nantinya akan maksimal. Pelajari tempat subjek Anda bekerja atau berkarya, rumah mereka, jalanan kota mereka berjalan, dan temukan hal menarik antara subjek dan lingkungannya.

Candid

4

Connect With Your Subject Sebelum Anda memotret Human Intereset, sebaiknya Anda mengenal dulu subjek Anda sehingga Anda tidak dianggap “alien” yang mengganggu. Lakukan pendekatan dengan mengajaknya mengobrol, jelaskan siapa diri Anda dan maksud Anda sambil pelan-pelan menghilangkan rasa canggung atau malu,. Jangan tiba-tiba mengeluarkan kamera dan menodongnya. Ingatlah Golden Rule: ubah sudut pandang Anda. Pikirkan bagaimana jika seseorang mendekati Anda dan ingin mengambil foto Anda.

5

Mengambil Foto Suku Asing Salah satu kunci keberhasilan untuk membuat foto profil suku-suku yang masih belum kita kenal adalah melakukan riset sebanyak mungkin sebelumnya. Gali informasi dari orang yang pernah pergi ke sana dan cari rekomendasi tentang hal-hal apa saja yang perlu dan boleh dilakukan serta hal-hal yang dianggap tabu. Di beberapa daerah di Indonesia, kamera masih dianggap tabu seperti di Badui Dalam, Anda tidak akan diperkenankan untuk melakukan kegiatan fotografi di daerah mereka karena alasan adat.

65 MARCH / 2012


trib e & cult ure

MARCH / 2012

66


COOL KURULU Menengok tradisi dan komersialitas salah satu suku di Papua.

67 MARCH / 2012


K

ata teman, jika mengunjungi Papua serasa belum lengkap tanpa bertandang ke jantung pulau burung Cendrawasih, Wamena. Kota kecil berhawa sejuk yang terletak di tengah-tengah kepungan dinding abadi Jayawijaya ini perlahan mulai memikat wisatawan dengan pesona budayanya. Salah satu lokasi wajib kunjung di ibu kota Kabupaten Jayawijaya ini adalah Desa Kurulu. Letaknya tidak jauh dari Wamena dan untuk ke desa ini juga tidak harus melalui jalan yang sulit. Di sini, katanya saya masih bisa melihat penduduk Papua yang masih menggunakan koteka dengan mengenakan pernak-pernik seperti kalung batubatuan dan kerang serta aksesoris dari taring babi hutan. Mengunjungi Desa Kurulu ternyata memiliki trik tersendiri. Saat tiba, guide menyuruh saya untuk tidak mengeluarkan kamera. Ternyata kamera adalah barang yang cukup “sensitif� di tempat ini. Pengunjung yang datang tidak boleh sembarangan memotret karena bisa dikenakan tarif “dadakan� yang cukup tinggi. Entah sejak kapan desa

MARCH / 2012

68

tradisonal ini menjadi begitu komersil. Menurut pemandu, kebiasaan turis asing memberikan uang tip telah merubah pola hidup sebagian warga Wamena menjadi materialistis. Ironis! Dari luar, Desa Kurulu tidak begitu terlihat karena desanya sendiri berada di balik pagar bambu yang cukup tinggi. Sebuah pintu gerbang besar dijaga oleh beberapa warga desa yang mengenakan pakaian adat (koteka). Di depan desa disediakan lapangan parkir yang cukup nyaman dan bersih. Delapan buah honai (rumah adat) berjejer di samping kanan dan kiri. Sebuah lapangan yang tidak terlalu luas berada di tengahnya sebagai sarana alun-alun warga. Di sana saya melihat beberapa pria yang sedang membuat koteka. Kaum perempuan keluar dari honai dan menyambut kami sambil tersenyum. Mereka juga mengenakan pakaian adat berupa rok dari kulit kayu dan tanpa atasan (topless). Sama sekali tidak ada tanda-tanda teknologi modern. Semuanya sangat tradisional. Salah satu daya tarik utama di Desa Kurulu adalah adanya mumi (mayat yang diawetkan) leluhur yang


konon usianya sudah mencapai sekitar 360 tahun. Mumi yang menurut cerita warga setempat dulunya adalah kepala suku di Lembah Baliem ini bentuknya seperti dalam keadaan berjongkok. Tidak ada informasi yang pasti tentang proses pengawetan mumi ini. Suku Dani memang merahasiakan resep ramuannya.

TEKS & FOTO: YUDASMORO MINASIANI

Ada yang mengatakan bahwa proses dilakukan selama 3 bulan dengan menggunakan ramuan rempah-rempah disertai dengan upacara ritual. Yang pasti, tidak semua warga Suku Dani yang mati kemudian diawetkan. Hanya orang-orang tertentu seperti panglima perang atau kepala suku saja yang berhak dijadikan mumi. Adat Suku Dani sendiri sebetulnya adalah mengkremasikan jenazah, bukan mengawetkannya. Ada kisah unik soal mumi Kurulu ini. Keturunan Suku Dani percaya bahwa mumi tidak boleh disentuh oleh kaum wanita karena dipercaya akan mendatangkan malapetaka seperti wabah penyakit atau gagal panen. Sebaliknya, saat diadakan pesta pernikahan, contohnya, mumi harus dihadirkan di tengahtengah warga. Mereka percaya mumi akan merestui kegiatan mereka dan memberikan kebahagiaan. Desa Kurulu sendiri, meski sudah dianggap sebagai desa wisata, masih terasa keasliannya. Kehidupan warga masih memegang teguh adat Suku Dani dimana kaum pria tinggal terpisah dari kaum wanita.

Turis yang tertarik membeli suvenir juga bisa memilih aksesoris seperti noken (tas dari kulit kayu), kalung batu, dan gelang akar rumput yang tersedia di kios di dalam desa. Jangan lupa untuk membeli bunga Kurulu yang konon anti layu dan bisa hidup selama setahun tanpa air meski sudah dicabut dari tanah. Keajaiban lain bunga ini adalah tampak kuncup saat tidak kena sinar matahari dan langsung mekar begitu tersiram panas matahari. Warga Kurulu kini tengah berkembang karena industri pariwisata di Wamena yang terus bergolak. Meski sudah mengenal bisnis suvenir, tapi adat mereka untuk hidup dari alam seperti berladang ubi dan berburu tetap mereka pegang teguh hingga kini. Pagar besar dari bambu yang mengelilingi desa benar-benar memisahkan dengan jelas antara kehidupan di dalam dan di luar desa. Siapapun tidak akan menyangka akan melihat kehidupan alami sebuah suku tradisional Papua di balik pagar dengan gerbang sederhana ini. Konon gerbang ini hanya dibuka saat ada tamu yang datang.

Penting Berhati-hatilah jika membawa kamera. Disarankan untuk tidak sembarangan memotret warga lokal yang berkoteka karena Anda bisa tiba-tiba dimintai tarif foto. Babi adalah harta yang berharga bagi masyarakat Wamena. Berhati-hatilah saat membawa kendaraan karena cukup banyak babi melintas di jalan. Jika menabrak babi, Anda akan dimintai ganti rugi dengan harga cukup mahal. Tindakan pencegahan berupa mengkonsumsi pil kina (anti malaria) sangat dianjurkan saat mengunjungi Wamena.

69 MARCH / 2012


love indo nes ia

BANYUWANGI

Saatnya Anda tengok Keindahan kabupaten Banyuwangi yang terhampar di tanah subur seluas 5.800 km2. Tanah Banyuwangi ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon dan tanaman lainnya, sehingga Anda bisa melihat banyak obyek wisata yang alami. -Yudo

S

alah satu obyek wisata yang wajib dijelajahi adalah Kawah Ijen. Kawah yang terletak di Gunung Ijen ini memiliki kadar keasaman yang sangat tinggi dan mampu melarutkan tubuh manusia dalam sekejap. Meskipun terdengar berbahaya, kawah ini memiliki daya tarik yang luar biasa, yaitu posisinya yang berada di tengah kaldera terluas seantero Jawa serta danau yang berwarna hijau kebiruan. Selain itu, suhu kawah yang mencapai 200 derajat Celcius, menciptakan asap panas yang begitu memesona ketika dilihat dari atas Gunung Ijen. Ditambah lagi dengan sensasi udara dingin yang bisa mencapai suhu 2 derajat Celcius. Anda pun bisa menemukan tanaman khas dataran tinggi, seperti bunga Edelweiss dan Cemara Gunung. Pastikan Anda melewatkan malam di Gunung Ijen untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang memantulkan warna keemasan. Satu lagi yang menjadi daya tarik Kawah Ijen adalah aktivitas para penambang belerang tradisional yang dengan gagah berani mendekati FEBRUARY MARCH / 2012 / 2012

70

danau untuk menggali belerang dengan peralatan sederhana. Untuk mencapai Kawah Ijen, Anda bisa memulai perjalanan dari Banyuwangi dengan rute yang lebih pendek namun kondisi jalan buruk, atau Bondowoso dengan rute lebih panjang namun menawarkan pemandangan pohon-pohon kopi dan hutan hutan pinus yang memesona. Banyuwangi memiliki pusat destinasi wisata yang disebut dengan ‘Segitiga Berlian’, terdiri dari Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukamade. Pantai Plengkung atau dikenal juga dengan nama G-Land yang merupakan kependekan dari Grajakan,


merupakan nama sebuah teluk yang terletak di pantai tersebut. Teluk ini memiliki ombak yang besar dan sangat cocok untuk surďŹ ng. Sedangkan Pantai Sukamade lebih terkenal sebagai habitat sekaligus tempat penangkaran penyu. Anda bisa menemukan empat jenis penyu, yaitu penyu belimbing, penyu slengkrah, penyu hijau, dan penyu sisik. Di sini Anda dapat menyaksikan secara langsung kegiatan penyu yang naik ke pantai untuk bertelur atau menepi. Bila Anda berkunjung di hari penetasan telur, Anda bisa ikut berpartisipasi dalam usaha konservasi penyu dengan mengikuti kegiatan pelepasan tukik ke laut. Atraksi lain yang dapat dilakukan adalah pengamatan penyu yang sedang bertelur, kegiatan mengamati burung, berkemah, dan berkano. Rute yang harus ditempuh adalah Banyuwangi - Pesanggaran - Sarongan - Rajegwesi - Sukomade Kalau Anda tertarik dengan budaya, berkunjunglah ke Museum Blambangan yang memiliki banyak koleksi budaya serta benda antik. Beberapa di antaranya adalah batik Banyuwangi, uang gobok, keris, rumah suku using, dan lainnya. Hingga saat kini, koleksinya mencapai 500 barang.

7171 MARCH / 2012


Untuk memuaskah ‘dahaga’ kuliner Anda, makanan khas Banyuwangi yang wajib Anda cicipi adalah Rujak Soto, perpaduan antara Soto Babat dan Rujak Petis yang kemudian ditaburi dengan Emping Melinjo. Rasanya pun begitu unik dan berbeda, dengan campuran rasa petis, soto, pedas, dan asin. Biasanya disajikan bersama Es Temulawak yang asam dan menyegarkan. Selain sebagai pelepas dahaga, minuman ini juga berkhasiat untuk menambah nafsu makan, menghilangkan nyeri sendi, menurunkan kolesterol dan lain-lain. Selain Rujak Soto, ada juga hidangan khas Banyuwangi lainnya seperti, Sego Tempong, Sego Cawuk atau Sego Janganan, dan masih banyak lagi. Sebagai oleh-oleh, yang terkenal khas Banyuwangi adalah kue Pia Glenmore. Nama kue ini diambil dari nama kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Isinya bermacam-macam, mulai dari kacang hijau, nanas, durian, cokelat, keju, hingga stroberi. Rasa yang

MARCH / 2012

72


FOTO: RENIELET, TIK LIONG TIANG, DUABELAS, BLY, FERRIJ, JON^2, STENLY LAM

paling digemari adalah rasa kacang hijau. Harganya pun relatif murah, hanya Rp 1.500 per biji. Oleh-oleh lain yang tak kalah enaknya adalah Sale Pisang, Bagiak, Manisan Pala dan Asem, Kerupuk Cumi, dan Rengginang.

Soekarno Hatta International Airport – Juanda International Airport AirAsia Batavia Air Garuda Indonesia Lion Air Merpati Nusantara Airlines Sriwijaya Air Juanda International Airport – Blimbingsari Airport Sky Aviation

Ijen Resort & Villas Desa Randu Agung, Licin, Banyuwangi T: +62 333 7733338 E: info@ijendiscovery.com W: www.ijendiscovery.com Mulai Rp 1.180.000 Manyar Garden Hotel Jl. Gatot Subroto No. 110 T: +62 333 424741 E: manyargardenhotelbanyuwangi@yahoo.co.id W: www.manyargardenhotel.blogspot.com Mulai Rp 215.000 Berlian Abadi Hotel Jl. Yos Sudarso No. 165 T: +62 333 427688 Mulai Rp 75.000

TOKO PIA GLENMORE Pusat: Jl. Raya Jember 51 Glenmore, Banyuwangi T: +62 333 21281

Homestay (di kawasan Ijen) Arabica Homestay Mulai Rp 150.000

Cabang: Jl. Ahmad Yani 98 Banyuwangi T: +62 333 421496

73 MARCH / 2012


travel note s

PALEMBANG PASCA SEA GAMES

Acara olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games 2011, memang telah berakhir sejak tiga bulan yang lalu, namun euforia acara tersebut masih terasa di Palembang hingga kini.

MARCH / 2012

74


75

MARCH / 2012


S

elepas mendarat dari pesawat dan mulai memasuki Bandara Mahmud Badaruddin II, saya langsung disambut dengan berbagai atribut SEA Games menempel di tiang dan dinding. Sepasang patung Modo Modi, dua maskot SEAG 2011, juga turut menyambut wisatawan di pintu keluar bandara. Saya yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Sumatra Selatan pun ikutan berfoto bersama patung tersebut, seperti yang juga dilakukan oleh kebanyakan turis yang baru datang. Keluar dari bandara saya kembali disambut oleh spanduk-spanduk para pejabat yang memberikan dukungan untuk acara ini. Awalnya saya berpikir bahwa itu adalah spanduk-spanduk kadaluwarsa yang lupa dicopot. Namun kemudian saya berpikir bahwa mungkin spanduk-spanduk itu memang sengaja belum dilepas karena hampir di setiap MARCH / 2012

76

jalan di Palembang saya masih banyak menemui spanduk-spanduk macam ini. Tidak hanya itu, kaos-kaos bergambar Modo Modi pun masih ramai dijual di toko-toko suvenir dan kadang terlihat juga di toko pengrajin songket. Gambar Modo-Modi ini juga sempat saya lihat di tas belanja yang dijual oleh toko oleh-oleh di bandara. Event ini sudah lewat tiba bulan yang lalu, sehingga hal ini membuat saya berpikir apakah masih ada wisatawan yang akan membeli suvenir ini. Melihat kota Palembang yang modern dan penuh dengan atribut SEA Games, akhirnya membuat mulut saya gatal untuk bertanya kepada supir yang mengantar saya keliling Palembang. “Palembang ini mulai bagus dan banyak pembangunan itu semenjak SEA Games kemarin


FOTO: DWINDA NAFISAH

ya?” tanya saya. Supir tersebut menjawab sambil membawa saya melewati Jembata Ampera, ”Oh, enggak. Bandara (Sultan Badaruddin II) itu sudah mulai dibagusin sejak PON XIV tahun 2004. SEA Games itu hanya tinggal memoles apa yang telah dibangun saja.” Teman saya yang ikut mengantar kemudian menambahkan, “Pinggir Jembatan Ampera ini dulu kumuh sekali. Isinya Pasar Pisang yang becek dan jorok,” dia menjelaskan sambil menunjuk satu area di depan Benteng Kuto Besak yang pada malam Minggu itu dipenuhi oleh banyak anak muda. Di tengah area tersebut ada panggung hiburan yang sepertinya baru saja menyelesaikan acaranya karena sudah terlihat kosong dan gelap. “Lalu pada tahun 2004 saat PON akan berlangsung, pemerintah akhirnya merenovasi tempat ini.

Sekarang tempat ini menjadi tempat rekreasi anak muda dan sering diadakan konser musik.” Keesokkan harinya, saya mengunjungi Jakabaring Sport City (JFC), tempat Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring yang menjadi lokasi pembukaan dan penutupan SEAG 2011 dan beberapa venue pertandingan lainnya berada. Di bagian depan, saya disambut oleh Stadion Jakabaring yang beratap biru. Di depannya terdapat taman dengan tulisan Gelora Sriwijaya. Bila ingin berfoto tepat di tengah tulisan ini dengan latar belakang Stadion Jakabaring, maka kita harus bersabar menunggu beberapa saat karena hampir semua turis akan berfoto di lokasi ini. Mengelilingi JFC, kita akan melihat beberapa gedung olah raga yang halamannya masih

77

MARCH / 2012


berantakan karena masih dalam pembangunan seperti yang dialami oleh Jakabaring Aquatic Stadium. Namun secara keseluruhan gedunggedung di sini memang cukup eye catching untuk dijadikan objek foto karena desain arsitektur dan warnanya yang unik. Danau buatan untuk cabang olah raga ski air terlihat berwarna biru jernih dan cantik sekali. Beberapa orang yang sedang olahraga kano dan dayung juga Dwinda NaďŹ sah dwindanaďŹ sah@gmail.com

MARCH / 2012

78

nampaknya aman dan santai saja berlatih di sana. Melihat ada pasangan yang sedang foto prewedding di lokasi ini dan rombongan mahasiswa yang sedang berfoto bersama di taman-taman JFC, saya yakin bahwa areal olah raga ini bisa menjadi satu spot baru untuk menggeliatkan pariwisata Palembang yang selama ini hanya terpusat di Jembatan Ampera, dan Pulau Kemaro. Dari Palembang juga saya percaya bahwa sebuah acara olah raga bisa mengubah sebuah kota menjadi lebih atraktif.

getaway! menerima cerita perjalananmu. Kirim tulisan sekitar 400 kata dengan foto resolusi tinggi (300px) serta keterangannya ke getawaymagz@gmail.com


getaway

Reading points

Senayan City: Ben Francais Brew House Café Oh La La Chatter Box Cold Stone D’Excelso D’Glam Dairy Queen Express Thai Fitness First Foodism Gelato Bar Han Gang Head Quarter Johnny Andrean Jittlada Lu’vaze Ming Village Pizza Marzano Pizza Hut Soho Starbucks Sushi Tei Takigawa Tator Around Rasuna Said: Brew & Co, Menara Dea Cofee Bean, Wisma Mulia Cork & Screw, Menara Codel Johnny Andrean, Plaza Semanggi Lutuye, Plaza Semanggi

Penang Bistro, Oakwood Starbucks, Oakwood Starbucks, Paza Semanggi Starbucks, Setiabudione Starbucks, Skyline Plaza Senayan: Café Oh La La Coffee Club Din Tai Fung Johnny Andrean Kafe Victoria Lu Vaze Paxi Barbershop Peter F Saerang Pizza Hut Starbucks Toni & Guy Cilandak Town Square: D’ Palace Dome Frankfurter Mangkok Putih Mister Bean Score Starbucks Around Kemang: Black Canyon, Kemang BREWW, Kemang Café Amor, Kemang Chopstick, Kemang

Itje Her Salon, Kemang Kat Salon, Kemang Koi & Gallery, Kemang Raya Sour Sally, La Code Fin Spinack, Kemang Raya Starbucks, Kemang Square Starbucks, Kemang Village Talents Salon, Kemang Raya Tamani Café, Kemang Raya Vin +, Kemang Raya Pondok Indah Mall 1 – 2: Café Oh La La Celebrity Fitness Chopstick Fish & Co Kafe Regal PHO 2000 Red Tomato Sapo Oriental Sour Sally Starbucks Around Kebayoran: Adi Andrian Salon, Gunawarman Anglo, Bulungan Awfully Chocolate, Senopati Bakmi Rumah, Mahakam Clairmont, Bulungan Duty Free, Wijaya Grosbucks, Wijaya Karina Salon, Gunawarman Pisa Café, Mahakam

Roger Salon, Gunawarman Roger Salon, Senopati Starbucks, Melawai Stone Miracle, Wijaya Tea Addici, Gunawarman Torigen, Wijaya Around Kelapa Gading: Celebrity Fitness, MKG Charmy Taiwan Noddles, MKG Chatter Box, La Piazza D’Excelso, MKG Dante Coffee, MKG Golden Jade, La Piazza Honey Moon Dessert, MKG II Kopi Luwak, La Piazza La Porchetta, La Piazza May May Salon, La Piazza Peter F Saerang, MKG Around Pluit: Beauty Facial, Pluit Junction Coffee Bean, Pluit Junction Starbucks, Mall Emporium Starbucks, Pluit Junction Around Tomang: Celebrity Fitness, MTA Head Quarter, MTA May May Bridal, MTA Starbucks, Citra Land Starbucks, MTA

Subscribe now by filling out this form: Name: ............................................................................ Address: ........................................................................ ....................................................................................... City / State / ZIP: ........................................................... E-mail: ........................................................................... Phone (Home): .............................................................. Phone (Mobile): ............................................................ Subscription package Jakarta 6 issues

Bodetabek

Luar Jabodetabek

[ ] Rp. 150.000,- [ ] Rp. 162.000,- [ ] Rp. 168.000,-

12 issues [ ] Rp. 250.000,- [ ] Rp. 324.000,- [ ] Rp. 336.000,*mark your selection with [ x ] PT GI Media Boulevard BGR Raya, Komplek Kokan Permata Blok C No. 3A Kelapa Gading, Jakarta 14240 T: +62 21 4584498, 45777100 F: T: +62 21 4584498 E: getawaymagz@gmail.com

79 MARCH / 2012


dire ctor y

The Breeze Restaurant, The Samaya Seminyak. Jl. Laksmana Seminyak Beach, Bali Bali - 80361 T : + 62 361 731149 F : + 62 361 731203 E : japansales@thesamayabali.com W: www.thesamayabali.com Black Tomato, Luxury Adventure In New Zealand E : info@blacktomato.com W: www.blacktomato.com The Droids Toyzone Jl. Bangka Raya 5D Kemang, Jakarta T : +62 21 7182356 Kedai kak Ani Jl. Kemang Selatan No. 125a, Jakarta T: +62 21 7198587 Tirta Ayu Hotel Tirtagangga, The Water Palace, Karangasem, Bali. T : +62 363 22503 F : +62 363 22503 E : info@hoteltirtagangga.com W: www.hoteltirtagangga.com

MARCH / 2012

80


81 MARCH / 2012


FEBRUARY / 2012

82

Getaway! March 2012 Issue