Issuu on Google+

getaway

EKSPLOR

MENTAWAI TERSESAT DI

ARASHIYAMA

PESONA

TASMANIA JUNE 2013 ISSUE

www.getaway.co.id


tabl e of con ten ts

June / 2013 18 GRAND JOURNEY 44 URBAN STORY Tales of Tasmania

Naked Time!

70 TRIBE & CULTURE

30 ADVENTURE

46 EDITOR’S LIST

74 LOVE INDONESIA

36 EXPLORE

64 TRAVEL NOTES

Drive Hard

Merengkuh Mentawai

5 Things to do in Shanghai

Batavia’s Shadow Puppet

Sangatta

Lost in Arashiyama

ON THE COVER hal. 36

hal. 18 hal. 30 Photo: Boat Shed, Tasmania

JUNE / 2013

2 2

Boat Shed adalah garasi perahu yang lazim terdapat di Tasmania. Salah satu lokasi Boat Shed yang populer di Tasmania adalah di kawasan Craddle Mountain. Objek ini menjadi salah satu maskot wisata yang banyak terdapat pada kartu pos di Tasmania


3 OCTOBER / 2012


getaway Advisors Gary Lilardi Iwan CEO Cicilia Sudargo

Editor’s Note Musim liburan telah tiba! Edisi getaway! kali ini sengaja kami pilihkan tema It’s My Journey! Kami menyadari bahwa traveling adalah bagian dari mengekspresikan diri. Apakah Anda seorang backpacker yang menggendong ransel besar? Atau seorang penggemar family trip yang selalu berbagi kebahagiaan traveling dengan keluarga besar? Atau mungkin Anda seorang penggemar trip-trip romantis yang eksklusif? Tak masalah, karena traveling sejatinya toh milik semua kalangan. Bukan kelompok tertentu. Menyadari akan ekspresi individu Anda dalam traveling, kali ini getaway! menghadirkan kisahkisah perjalanan dengan gaya indvidu yang khas dari para kontributor. Ade Kumala yang melancong ke Tasmania bersama suami dan dua anaknya yang lucu, Farchan Noor Rachman yang teringat kampung halamannya justru saat “tersesat” di Arashiyama hingga liputan seru redaksi kami saat mengeksplor Kepulauan Mentawai. Apakah Anda seorang backpacker? Turis koper? Tak masalah apa pun sebutannya. It’s your journey, It’s your getaway! Yudasmoro Managing Editor

JUNE / 2013

4

Editor in Chief Cita Arsita Farani Managing Editor Yudasmoro Art Director S. Eko Andi Purnomo Editor Ivana Fedora Photo Editor Edric Rahardja Marketing Manager Wilman Anugrah (wilman.getaway@gmail.com)

Contributors Ade Kumalasari Diah Ayu Sekararum Farchan Noor Rachman Sutanto Wijaya

getaway!

diterbitkan oleh

PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +622134834177,+622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com

Getaway! Magz

getawaymagz


June K-popers kembali berbahagia dengan hadirnya boyband ternama Korea, Super Junior. Konser dengan nama “Super Show 5” akan digelar di Mata Elang Internasional Stadium, Ancol selama 2 hari.

5

age nda

1-2

Bertepatan dengan HUT Jakarta ke-486, Gedung Kesenian Jakarta mengadakan acara bertajuk “Jakarta Anniversary Festival XI – 2013” dengan menampilkan berbagai pertunjukan khas Jakarta. Digelar hingga tanggal 23 Juni 2013.

Haeundae Sand Festival menjadi salah satu festival musim panas di Korea Selatan. Temukan replika berbagai monumen terkenal di dunia yang terbuat dari pasir hanya di Haeundae Beach, Busan - Korea Selatan.

9 15

7

PC SHOW 2013. Bagi Anda penggemar gadget, gadget Singapura akan menggelar pameran komputer terbesar selama 4 hari. Berbagai merka terkenal akan hadir di sini.

Selama sebulan Thailand akan mengadakan Amazing Thailand Grand Sale. Berbelanja dengan diskon besar-besaran berbagai produk ini tentunya menjadi hal yang ditunggu oleh para turis untuk berkunjung ke Thailand.

Acara tahunan “The Jakarta Guitar Festival” kembali digelar. Penonton akan menyaksikan aksi panggung pemain gitar ternama dari Indonesia dan internasional seperti Mike Dawas, Balawan dan lainnya. Digelar di Lapangan Parkir Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta.

16

15

Balapan Kapal Naga, acara tradisi China yang berakar dari mitos dan legenda dan menjadi salah satu acara utama tahunan di Malaysia. Balapan seru ini telah menarik banyak tim dari berbagai negara. Digelar di Likas Bay, Kota Kinabalu, Sabah.

Chinese Opera Festival digelar di Hong Kong. Festival tahunan kali ini akan mengambil tema martial art. Bagi Anda para penggemar jurusjurus Kungfu, festival opera ini sepertinya wajib Anda tonton.

29

20 Festival Bir tahunan yang digelar di kota Auckland, New Zealand akan kembali meramaikan kota tersebut dengan peserta yang lebih banyak. Beberapa merk Bir yang belum pernah ada di Auckland sebelumnya juga akan ditampilkan di sini. Solo Batik Carnival. Acara tahunan yang menggelar aneka kreasi fesyen Batik ini kembali akan digelar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, jalan utama kota Solo. Pastikan Anda datang kemari untuk menyaksikan acara tahunan terbesar di kota Solo ini. JUNE // 2013 2013 55MARCH


besage t tim ndae

Where: Baguio, Filipina

When: Februari

Ribuan wisatawan dari seluruh penjuru dunia akan berkumpul di kota Baguio untuk melihat Festival Panagbenga. Festival yang diadakan sejak tahun 1995 ini menggambarkan sejarah, tradisi dan nilai-nilai dari Baguio sendiri. Pembukaan festival ini bertempat di Melvin Jones, daerah Burnham Park. Di festival tahunan ini, Anda dapat menyaksikan parade penari dengan kostum bunga cantik berwarna-warni dan berbagai atraksi khas Filipina. Pada minggu terakhir, sesi “Road in Bloom� akan berlangsung ditandai dengan banyaknya stand di pinggir jalan utama. Di sesi terakhir ini, Anda dapat menyaksikan pertunjukan kembang api spektakuler. JUNE / 2013

6

TEKS: IVANA FEDORA FOTO: EAPEINAUDICORNELL

Why:


HORAS!

Citili nk Kunju ngi Meda n.

C

itilink mengeksplorasi kota Medan melalui tayangan seru Citilink Jelajah Mimpi. Melalui dua host Tya Ariestya dan Franda, Citilink mengajak Citilinkers untuk menjelajahi indahnya kota yang menjadi Ibu Kota Sumatera Utara tersebut. Gereja Maria Velankanni misalnya, gaya arsitekturnya sangat unik. Bentuk bangunannya memadukan beberapa unsur agama yang ada di Medan. Bentuk kubahnya mirip Masjid, bagian atap bertumpuk seperti Pura, dan ada sentuhan Kristiani pada bagian dindingnya. Boleh dikatakan Gereja ini menggambarkan kerukunan umat beragama di Kota Medan. Kota Medan juga mempunyai wisata bahari. Pantai Cermin namanya. Dinamakan Pantai Cermin karena menurut masyarakat sekitar, pantai ini mampu memantulkan sinar matahari layaknya cermin. Lewat tayangan ini, Citilink juga memperkenalkan 8 rute baru mulai tanggal 15 April 2013, dengan harga mulai Rp.295.000,00 sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Rute tersebut antara lain, Jakarta - Bengkulu, Jakarta Jambi, Jakarta - Pangkal Pinang, Jakarta - Tanjung Pandan, Jakarta - Yogyakarta, Jakarta - Semarang, Jakarta - Malang, dan Ambon - Makassar. Selain itu, Citilink juga memberikan layanan Free Baggage 20Kg kepada setiap penumpangnya dan berlaku di semua rute penerbangan Citilink. Dengan segala kelebihan dan keunggulan yang dimiliki Citilink, pantaslah jika maskapai ini mendapatkan predikat Indonesia Leading Low Cost Carrier tahun 2012.


age wha t’snda up

It’s a Road To Big Sound Festival!

D

alam acara Road To Big Sound di Tennis Indoor, Senayan, Rabu (24/4/2013) malam band indie asal Inggris The Kooks sukses menggelar konser perdananya. Sebelumnya festival Road To Big Sound dibuka oleh penampilan band lokal Payung Teduh. Setelah itu giliran band asal Swedia The Radio Dept naik ke atas panggung.

pun mengajak para penonton sedikit berdansa. Akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu pun tiba, Luke Pritchard Cs dari The Kooks muncul di atas panggung festival Road To Big Sound. Total band yang sempat bergonta-ganti personel di tahun 2011 lalu itu membawakan 17 lagu dari satu jam lebih penampilannya.

Band yang terbentuk sejak 1995 itu pun membawakan beberapa hitsnya seperti Awalys a Relief dan Heaven’s on Fire. Setelah The Radio Dept kini giliran band electro rock asal Inggris, Delphic unjuk gigi, lewat beat-beat tinggi mereka

The Kooks akhirnya menutup penampilannya dengan dua lagu andalan mereka Naïve dan Junk of The Heart. Tepuk tangan para penonton mengiringi mereka turun panggung.

Ke Alam Awang-awang Bersama Sigur Ros

S

itu dengan manggung di balik layar transparan yang ditembakkan video ilustrasi abstrak dan tata cahaya.

Lagu-lagu yang mereka bawakan mampu membuat penonton seolah ke “ mengawang ke alam lain”. Sigur Ros membuka konser yang terkesan teaterikal

Berikutnya, Sigur Ros menggulirkan Vaka, Hrafntinna, Sæglòpur, Svefn-g-englar, dan Varúð. Lagu-lagu lainnya, Hoppípolla dan Með Suð Í Eyrum, disajikan secara medley. Sesudahnya, mereka memberikan Bloðnasir, Olsen Olsen, Kveikur, Festival, dan Brennisteinn. Dua lagu tambahan, Glòsòli dan Popplagið, menjadi penutup konser dari grup yang akan merilis album baru, Kveikur, pada Juni 2013, tersebut.

igur Ros, band post-rock dari Reykjavik, Ibu Kota Islandia, menjadi konser pertama mereka di Indonesia, tepatnya di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (10/5/2013) malam, Sigur Ros tampil dengan formsi terkini, yang terdiri dari Jon Þor Birgisson (vokal dan gitar), Georg “Goggi” Holm (bas, glockenspiel, piano, dan keyboard), serta Orri Pall Dyrason (drum dan perkusi).

JUNE / 2013

8


Pesta Wisata Pecinta Musik Metal

P

TEKS: IVANA FEDORA, YUDASMORO, WILMAN ANUGRAH FOTO: ARDHIAN WISNU PRATAMA, RYAN AR.

esta musik cadas ( Metal ) kembali digelar di ranah bumi ini. Untuk yang kedua kalinya, bertempat di Ecopark Taman Impian Jaya Ancol, Hammersonic 2013 menampilkan line-up yang lebih ”hingar-bingar” daripada pengisi acara tahun lalu. Nama-nama seperti Cannibal Corpse, Obituary, As I Lay Dying, Cradle Of Filth, Destruction dan Dying Fetus berdampingan dengan band-band lokal seperti Sucker Head, Seringai, Dead Vertical, Hellcrust, Burger Kill dan EdanE menggebrak dua buah panggung berukuran hampir 50m x 30m (Hammer Stage dan Sonic Stage) dengan sound system berkapasitas hampir 50.000 watt.

Burger Kill mengawali konser hari pertama. Tampil juga Voyager yang meng-cover lagu Ghostbuster. Dan tampil juga band Rock dalam negeri yang tergolong senior, EdanE. Konser hari pertama ditutup oleh penampilan band Death Metal asal Tampa Bay, Florida yaitu Obituary. Band-band seperti Cannibal Corpse dan Cradle Of Filth tampil di hari kedua sukses menghempaskan para Metalhead ke dalam atmosfir Pesta Wisata para pecinta musik Metal di tahun 2013 ini.

Britpop Invasion With Blur!

F

antastis! Itulah kata yang pas untuk menggambarkan konser nostalgia band asal Inggris, Blur yang digelar pada festival Big Sound di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu (15/5) malam. Selama dua jam, Blur menghentak dengan lagulagu teranyar mereka. Rasa semangat dan enerjik sudah terpancar sejak Damon Albarn (vokal), Graham Coxon (gitar), Alex James (bass), dan Dave Rowntree (drum) muncul di atas panggung. Mereka langsung menyanyikan lagu Girls & Boys dari album pertama, Parklife.

Adapun lagu-lagu yang dijadikan alat “menyerbu” penonton antara lain Popscene, There’s No Other Way, Badhead, Bettlebum, Out of Time, Trimm Trabb, kemudian lagu Caramel. Damon lalu mendekati bibir panggung sembari menyanyikan lagu Country House yang dilanjutkan dengan Parklife, End of Century, Death of a Party, This Is a Low, Under The Westway, For Tomorrow, dan The Universal.

9 JUNE / 2013


Media Gathering

Cozmeed S

di 7 benua. Puncak acara adalah outbond untuk peserta media dan beberapa komunitas pecinta alam di Jakarta. Acara ini selain bertujuan untuk memperkenalkan produk Cozmeed sebagai produk outdoor yang berkualitas tinggi, fashionable, ramah lingkungan dengan harga terjangkau, juga sekaligus sebagai ajang keakraban dengan rekan media.

ebagai produsen produk-produk outdoor berkualitas, PT Cartenz Indonesia dengan produk andalannya Cozmeed, menggelar media gathering di Talaga Cikeas pada hari Selasa 14 Mei 2013 dengan gaya khas petualang. Selain menghadirkan sesi konfrensi pers, acara ini juga menghadirkan tim Mahitala dari Universitas Parahyangan yang berhasil mencapai 7 puncak

Miss Coffee Internasional Cicipi Kopi Excelso

B

ertepatan pada tanggal 16 Mei 2013, Excelso sebagai coffee shop lokal terbesar di tanah dengan menyambut Miss Coffee International, Catherine Ramirez dengan mengajaknya untuk menikmati kopi-kopi terbaik Indonesia. Miss Coffee Indonesia 2012, Bianca Beatrice Darmawan pun turut hadir dalam acara yang digelar di outlet pertama Excelso di Jakarta yaitu di Plaza Indonesia. Pada acara tersebut, Excelso memperkenalkan Kopi Sumatera Mandheling, Java, Kolosi Toraja dan Luwak

JUNE / 2013

10

kepada Miss Coffee International dan para awak media yang hadir. Daniel H. Ishak, Direktur Excelso mengatakan bahwa dua kopi yang terakhir adalah kopi yang dihasilkan oleh perkebunan Excelso sendiri di Rante Karua, Toraja. “Kami sangat senang dapat menjamu Catherine Ramirez, selaku Miss Coffee International, karena kami menaruh perhatian yang pada perkembangan kopi dan trend kopi di Indonesia. Kami juga ingin masyarakat Indonesia memahami bagaimana kopi berkualitas itu.” Tambah Daniel.


bodeey coff trea talkt

Dr. TOURISM Pariwisata kini tak lagi sekedear menjual pantai yang bersih dan gunung cantik yang diselimuti kabut. Zaman terus bergerak, inovasi terus bermunculan. Dunia medis kini mulai dilirik sebagai peluang untuk menarik turis.

S

ejak bertahun-tahun yang lalu, Malaysia menjadi tempat alternatif untuk berobat bagi pasien-pasien dari Indonesia. Salah satu faktor pendorong adalah adanya kepercayaan bahwa rumah sakit dan tenaga medis di Negeri Jiran lebih bisa diandalkan, diyakini kemampuannya, dan kurangnya kepercayaan moral terhadap rumah sakit dan tenaga medis lokal. Sudah menjadi rahasia umum bahwa rumah sakit (RS) dan tenaga medis di negeri sendiri kurang begitu “patient friendly� alias kurang bersahabat terhadap pasien. Saya pribadi sudah sering mendengar cerita-cerita horror tentang bagaimana RS dan dokter-dokter di Indonesia hanya mementingkan materi daripada keselamatan pasien. Mulai dari hal sederhana seperti pelayanan yang kurang ramah sampai ke

JUNE / 2013

12

hal-hal kelas berat seperti dokter yang mendadak tidak bisa dihubungi dalam keadaan darurat. Ada juga cerita tentang dokter spesialis operasi yang sering menyarankan pasien untuk melakukan operasi sebagai solusi masalah kesehatannya. Padahal penyakitnya bisa disembuhkan tanpa harus menggelar alat bedah. Ada juga rumor bahwa dokter-dokter Indonesia rajin jualan obat, memberikan banyak obat kepada pasien, hanya karena ingin mengejar target yang diberikan perusahaan farmasi. Benar tidaknya hal-hal tersebut, tentunya perlu veriďŹ kasi lebih lanjut dan penelitian lebih mendalam. Padahal urusan medis ini kini telah merambah ke industri pariwisata. Malaysia, contohnya, justru kini rajin menggadang-gadang medical tourism sebagai


Sepanjang tahun 2011, tercatat sebanyak 550.000 warga Indonesia datang ke Kuching dan Sibu untuk berobat dan sekedar melakukan medical check-up.

TEKS: SUTANTO WIJAYA FOTO: ISTIMEWA

Seperti yang saya temui pada medical check-up ke Kuching kali ini, seorang Bapak asal Indonesia yang melakukan operasi mata di salah satu rumah sakit di Kuching mengeluarkan biaya sebesar RM 2400 atau sekitar Rp 7 juta lebih. Operasi yang sama di Jakarta bisa memakan biaya belasan juta. Tidak heran kalau saat ini pasien dari Jakarta juga berdatangan ke Kuching. Fakta mencengangkan, tapi memang inilah realitanya.

salah satu ujung tombak industri pariwisatanya. Potensi medical tourism inilah yang membuat Menteri Parawisata Malaysia, Datuk Amar Abang Johari Tun Openg berkunjung ke Kalimantan Barat yang disertai oleh perwakilan dari dua rumah sakit swasta di Kuching tahun 2011 yang lalu. Kantor berita Bernama melansir, di tahun 2011 pemerintah Malaysia menargetkan pendapatan dari healthcare travel sebesar RM 430 juta (Rp 1.3 trilliun, kurs 1 RM=Rp3130 per Maret 2013), yang merupakan peningkatan sebesar 22% dari tahun sebelumnya.

Rumah sakit di Kuching yang biasanya menjadi tempat berobat pasien dari Indonesia adalah Normah Medical Specialist Centre, Timberland Medical Centre dan Kuching Specialist Hospital. Bisa disimpulkan, kalau tidak terjadi peningkatan dalam hal fasilitas maupun pelayanan kesehatan di negara kita, ke depannya pasien-pasien Indonesia akan lebih memilih untuk berobat ke luar negeri. Tak cuma kehilangan pasien dan kredibiltas medis, tapi tentunya juga akan membuka peluang negara lain untuk mengembangkan pariwisatanya. Dan negeri Jiran Malaysia yang menawarkan value for money, pastinya akan kembali mendulang devisa dan akan menjadi salah satu tujuan favorit.

13 JUNE / 2013


travel tips

T

TIPS BOOKING HOTEL

raveling memang menyenangkan. Keasyikannya sudah mulai terasa saat kita berkemas. Tapi apakah hal yang harus diperhatikan sebelum traveling hanya berkemas semata? Tentu saja tidak. Jika Anda bepergian dengan pasangan atau keluarga, sudahkah Anda mempersiapkan penginapan yang nyaman? Berikut ini adalah beberapa tips booking hotel yang bisa berguna bagi Anda saat ingin pergi berlibur.

Gunakan situs booking hotel Situs seperti Agoda adalah salah satu situs yang memudahkan para pelancong untuk mereservasi hotel. Selain sederhana dan bisa dilakukan dari mana saja, situs-situs seperti ini biasanya sering menawarkan harga promo yang cukup lumayan. Perhatikan lokasi Situs booking hotel biasanya sudah dilengkapi dengan keterangan tentang lokasi. Apakah dekat dengan stasiun, terminal, bandara, restoran, mall atau pasar. Perhatikan juga direction yang sudah diberikan oleh website hotel yang bersangkutan.

14 14

JUNE NOVEMBER / 2013/ 2012

Tentunya ini memudahkan Anda agar tidak nyasar saat menuju hotel. Aktif di social media Saat ini hampir semua hotel memiliki akun twitter dan facebook. Follow twitter mereka atau Like facebook-nya. Promo harga murah atau undian voucher gratis sering dibagikan melalui jejaring sosial. Booking online Reservasi langsung atau go-show memang taka da salahnya. Tapi biasanya beberapa hotel justru memberi harga lebih murah jika kita booking secara online. Cross check! Jika Anda sudah melakukan booking secara online, segera konďŹ rmasi ke hotel yang bersangkutan. Pastikan reservasi Anda sudah tercatat.

TEKS: YUDASMORO

Tentukan jenis hotel Apakah Anda akan pergi bersama keluarga dengan membawa anak kecil dan orang tua? Atau Anda adalah solo traveler? Hotel yang menyediakan sarapan atau fasilitas kolam renang mungkin akan lebih nyaman buat anak-anak Anda.


on top

THE EXPENSIVE

TRAIN

Telusuri berbagai kota dengan kereta “rumahâ€?. elakukan perjalanan dengan kereta api memang punya daya tarik tersendiri. Golden Eagle, salah satu kereta mewah terkemuka di Rusia mengajak Anda untuk bepergian namun seperti berada di rumah Anda sendiri. Golden Eagle membuka rute Trans-Siberian dengan rute Moskow-Ural, rute Silk Road dengan perjalanan Asia Tengah dan beberapa rute ke daerah-daerah terpencil dan menarik di dunia. Setiap perjalanan kereta mewah ini dirancang dan dioperasikan secara eksklusif dan Golden Eagle membuat Anda tidak akan pernah melupakan pengalaman perjalanan yang unik. Dengan luas 120 m², kelas Imperial Suites tersedia dengan fasilitas hotel berbintang, mulai dari king-sized bed, sofa, pemanas dan air conditioning sampai LCD screen. Selain Imperial Suites, Golden Eagle menyediakan 2 kelas lainnya yaitu Gold Class Cabin dan Silver Class Cabin. Mengusung konsep dekorasi mediteranian khas Rusia, pengalaman kuliner yang disajikan juga sangat JUNE / 2013

16

kental dengan esensi Rusia. Mengedepankan bahan-bahan lokal yang ada, Golden Eagle mempunyai salah satu makanan terfavorit yaitu Borscht. Ditemani dengan wine dari berbagai negara di dunia membuat hari Anda semakin menakjubkan. Di spot bar Anda bisa berkenalan dengan penumpang lainnya karena di tempat inilah jantung sosial kereta ini. Pengalaman perjalanan yang unik dengan begitu banyak pengalaman dan fasilitas hotel berbintang, bisa Anda dapatkan dengan mengeluarkan kocek sebesar $29,995 per orang untuk Imperial Suites. http://www.gwtravel.co.uk/

TEKS: IVANA FEDORA FOTO: ISTIMEWA

M


gran d jour ney

tales of TEKS: ADE KUMALASARI FOTO: ANINDITO ADITOMO

TASMANIA

Menyimpan keasrian alam hampir di setiap sudutnya, Tasmania justru sering diabaikan dalam jadwal para pelancong yang mengunjungi Australia. Namanya lebih dikenal sebagai tokoh kartun pendamping Bugs Bunny dan Day Duck.

JUNE / 2013

18


19 JUNE / 2013


J

angan memandang remeh nama Tasmania, negara bagian paling kecil di selatan Australia. Pulau yang terpisah dari induknya ini menyimpan harta karun berupa alam yang masih murni. Hampir semuanya bisa kita dapatkan di sini. Jalan-jalan rileks dan nyaman di ibu kotanya atau trekking dan bertemu satwa khas di Taman Nasionalnya. Saya bersama keluarga, termasuk Little A dan Big A (kedua anak saya) menjelajahinya.

DAY

Hobart menyambut saya dengan bentangan alam indah sepanjang perjalanan dari bandara ke hotel kami, Grand Chancellor. Rasa lelah selama menjalani penerbangan langsung terobati dengan pemandangan kapal-kapal nelayan yang tertambat berjejer rapi persis di depan hotel kami.

ONE

Flippers

Hobart adalah ibukota negara bagian Tasmania. Karena kecil, kota ini mudah dijelajahi. Sebelum jalan-jalan, kami mengisi perut dulu, membeli seafood di warung terapung—oating stall—di tepi dermaga. Warung-warung terapung ini menjual makanan laut dengan menu yang sama. Pilihan kami adalah Flippers, yang bentuk warungnya lucu

Fisherman Basket Deluxe JUNE / 2013

20


Kantor Pos di Hobart seperti ikan. Kami memesan Fisherman Basket Deluxe seharga AU$18 yang berisi macam-macam makanan laut. Hmm... rasanya enak banget dan fresh. Ini ďŹ sh & chips terenak yang pernah saya coba. Saya ketagihan rasa gurih ikan Trevalla-nya yang segar, hasil tangkapan pagi ini. Setelah perut kenyang, kami menuju Visitor Centre di Davey St. Di sini kita bisa mengambil peta dan brosur gratis, meminta saran itinerary, dan memesan penginapan (kalau belum punya) atau tur. Mereka juga menjual kartu pos dengan harga murah, hanya 50 sen. Kami memborong beberapa untuk oleh-oleh dan koleksi. Pusat kota atau Mal Hobart ada di Elizabeth St. Mal di sini adalah pedestrian, jalan khusus untuk pejalan kaki, yang di kanan kirinya ada toko-toko kecil dan kafe. Kami melewati taman dengan air mancur, kantor dan toko dari bangunan-bangunan kuno, termasuk kantor pos besar yang cukup megah. Tidak seperti Sydney yang selalu sibuk atau Melbourne yang dinamis, kesan pertama saya terhadap Hobart adalah rileks dan nyaman. Cuaca hari ini cerah, sangat nyaman untuk berjalan kaki.

21 JUNE / 2013


Suhu Hobart rata-rata lebih dingin daripada kotakota besar lain di Australia. Di malam hari, angin dari laut bertiup cukup kencang. Kami menyempatkan diri berjalan-jalan di sekitar dermaga untuk mengagumi lampu-lampu cantik yang terpasang di kapal sebelum menutup hari untuk memulai petualangan besok.

DAY

Kami bangun pagi dengan semangat “empat lima”, membayangkan akan bertemu Willy Wonka di Pabrik Cokelat Cadbury. Naik bus adalah alternatif paling murah untuk mencapai pabrik Cadbury di daerah Claremont. Lokasi ini bisa dicapai 55 menit dengan bus umum. Tiket bus harian di Hobart terhitung murah, hanya AU$3 per orang. Cara lain yang lebih mewah adalah dengan ikut cruise, pesiar menyusuri sungai Derwent. Untuk tur ini kita mesti merogoh kocek sekitar AU$ 74 per orang.

TWO

Pabrik Cokelat Cadbury

JUNE / 2013

22

Tur untuk pengunjung Pabrik Cokelat ini dibuka setiap setengah jam, Senin – Jumat, dengan biaya masuk sebesar AU$ 7,5 untuk dewasa dan AU$ 4 untuk anak-anak. Jadi, bukan dengan cara untunguntungan mendapat selembar Golden Ticket dalam sebatang cokelat. Tiket ini nantinya bisa ‘diganti’ dengan satu batang cokelat Dairy Milk dan empat cokelat kecil.Sambil menunggu tur dimulai, kami melihat-lihat display di Visitor Centre. Yang pertama menarik perhatian saya adalah peti harta karun yang berisi tumpukan coklat batangan Dairy Milk. Whoa, rasanya ingin menjadi Kapten Hook dan merampok semua isi peti harta karun itu. Lalu ada display cetakan dan alatalat pembuatan coklat kuno, sampel coklat bubuk, kemasan Cadbury zaman dulu, poster-poster dan media promosi lainnya. Ruangan ini juga menjadi satu dengan toko suvenir. Ada banyak barang luculucu dengan tema cokelat. Saya cukup puas dengan membeli kartu pos.


karena dekat dengan sumber susu segar berkualitas dan kemudahan mendapatkan sumber listrik tenaga air. Satu hal yang menarik bagi saya, bahan utama cokelat yang diproduksi di sini adalah cokelat impor, salah satunya dari Indonesia.Wow! Mereka membanggakan diri sebagai produsen cokelat terbaik di dunia, bahkan lebih baik daripada pabrik asalnya di Inggris. Ternyata rahasia enaknya Cadbury Australia adalah cokelat terbaik dari Indonesia (dan sebagian dari Ghana dan Papua Nugini), susu segar lokal dari Tasmania dan gula tebu dari Queensland. Coklat buatan Australia lebih enak daripada buatan Inggris karena Australia memakai gula tebu, sementara di Inggris mepakai pemanis dari bit. Tepat pukul 11, kami diajak masuk ke ruang presentasi yang berisi model mesin pembuat coklat dan juga cetakan coklat asli yang digunakan di pabrik. Meski yang menemani kami di sini bukan pria bertopi tukang sulap, berkaca mata bulat dan berjas aneh, tapi presentasi tentang sejarah coklat dan Cadbury cukup menarik. Cadbury berawal dari toko milik John Cadbury yang dibuka tahun 1824 di Birmingham, Inggris. Pabrik Cadbury di Tasmania adalah pabrik pertama yang dibuka di Australia tahun 1922. Lokasi ini dipilih

Setelah presentasi, kami melihat ďŹ lm menarik tentang sejarah Cadbury dan bagaimana coklat dibuat di dalam pabrik. Saya melongo menyaksikan bagaimana enam silo raksasa di pabrik ini bekerja, dalam sehari bisa menghasilkan 60 ton cocoa crumb. Silo bekerja seperti blender di dapur kita, mencampur bahan menjadi satu, kemudian dievaporasikan menghasilkan milk chocolate crumb, yang merupakan bahan dasar dari bermacammacam coklat. Kami berkesempatan mencicipi produk coklat siap cetak ini.

23 JUNE / 2013


Salamanca Sayangnya, sejak pertengahan 2008, Cadbury menutup akses tur ke dalam pabrik karena alasan kesehatan dan keselamatan kerja, sehingga kita tidak bisa lagi melihat langsung proses pembuatan coklat. Tapi kami lumayan senang bisa belanja di outlet mereka. Harga produk Cadbury di factory outlet ini jauh lebih murah daripada di supermarket. Jenis produk yang dijual juga lebih lengkap.

DAY

Hari ini target kami adalah Salamanca. Daerah ini berisi bangunan-bangunan kuno dari THREE sandstone yang dulunya gudang pelabuhan. Gudang-gudang tua ini disulap menjadi kafe, toko dan galeri cantik, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Hobart. Di tengah kawasan ini ada Salamanca Square yang di tengahnya terdapat taman dengan air mancur, papan catur raksasa, bangku-bangku tempat duduk dan tokotoko atau kafe. Sebenarnya, saya ke Salamanca Square dengan tujuan utama mencuci baju! Ya, di Machine Laundry Cafe, kami bisa nongkrong di kafe dan memesan makanan dan minuman sembari menunggu baju dicuci. Malamnya kami menikmati makan malam di restoran India,The Saron yang letaknya hanya selemparan batu dari hotel. Restoran ini cukup enak JUNE / 2013

24

dan menyediakan makanan halal. Malam itu, angin bertiup lebih dingin lagi daripada malam pertama. Kami cepat-cepat menuntaskan makan malam dan istirahat di hotel karena besok akan menempuh perjalanan panjang.

DAY

Hari ini kami akan menuju Cradle Mountain. Untuk road trip, kami mobil dan menyetir sendiri. FOUR menyewa Di pulau cantik ini, pemandangan yang indah tidak hanya kami dapatkan di atraksi wisata, tapi juga di jalan-jalan yang kami lewati. Perlu waktu sekitar 2,5 jam untuk menempuh jarak 200km dari Hobart ke Launceston melalui Midland Highway. Launceston adalah kota terbesar kedua di Tasmania setelah Hobart, yang juga terkenal sebagai daerah penghasil wine. Perlu waktu sekitar 3 jam dari Launceston menuju Cradle Mountain. Jalan menuju National Park ini sangat mulus, meski kadang sempit, berkelok dan mendaki. Di beberapa tempat, mata saya dikejutkan oleh beberapa pemandangan yang luar biasa indahnya Kami sampai di Cradle Mountain Chateau sekitar jam 6 sore. Masih ada waktu untuk menempuh satu trek. Trekking atau bushwalking memang menjadi


aktivitas utama di Cradle Mountain. Resepsionis hotel menyarankan kami mencoba Enchanted Walk, trek sepanjang 1 km yang juga bisa ditempuh oleh anak balita.

suara gemerisik di samping kami, Suami saya menyorotkan lampu senternya ke sumber suara. Kejutan! Ternyata ada Wombat, marsupial khas Australia yang mengikuti langkah kami.

Trek ini dimulai di depan Cradle Mountain Lodge. Belum sampai sepuluh langkah, kami dikejutkan oleh seekor wallaby yang duduk manis di tengah jalan. Si wallaby melihat kami dengan tampang heran, kemudian pergi dengan lompatannya yang khas. Kami melanjutkan perjalanan sambil mengamati vegetasi yang ada di sekitar. Little A lebih sabar dan tertarik untuk melihat bunga dan tanaman yang tumbuh, juga serangga-serangga kecil yang muncul. Sementara Big A cemas, takut keburu gelap sebelum kami menyelesaikan trek ini.

Ada beberapa orang yang baru saja memulai trekking malam hari untuk berburu hewan-hewan nocturnal, seperti Wombat, Possum atau hewan paling khas di sini: Tasmanian Devil. Setelah berhenti dan mengatur napas, saya tak sengaja menyorotkan lampu senter ke sebelah kiri kaki saya. Dan ternyata si Wombat masih berdiri manis di situ, mengikuti langkah saya selama ini. Pengalaman dikejar Wombat ini benar-benar tak terlupakan.

Kami juga menyeberangi sungai melewati jembatan kayu.Hari mulai gelap dan agak sulit menikmati suasana sekitar.Big A tambah takut dan kami memutuskan mempercepat langkah. Saya menggendong Little A sambil melangkah cepat menyusuri papan-papan kayu. Ketika ada

DAY

Pagi harinya, kami langsung ke Visitor Centre untuk membeli tiket masuk Taman Nasional. Tarif hariannya adalah AU$ 16,50 untuk dewasa dan AU$ 8,25 untuk anak-anak. Tiket ini sudah termasuk tiket shuttle bus yang bisa mengantar kita dari Visitor Centre ke tempat parkir di tepi Dove Lake. Di gerbang, ada boom-gate yang otomatis menghitung

FIVE

Cradle Mountain

25 JUNE / 2013


Century 21 Department Store

QUICK!FACTS

TEKS: FEBIOLA LAWALATA FOTO: FEBIOLA LAWATA, ISTIMEWA

Tasmania adalah produsen legal opium terbesar di dunia untuk industri farmasi.

JUNE / 2013

26


Dove Lake jumlah kendaraan yang masuk, begitu kuota terpenuhi, boom-gate tidak bisa membuka lagi. Pemandangan spektakuler menyambut kami di Dove Lake yang jernih dengan latar belakang puncak gunung Cradle. Bentuk Cradle Mountain ini, seperti namanya, tampak seperti ayunan. Di puncaknya, masih terlihat sisa-sisa salju. Dari cerita salah satu fotografer, sempat ada hujan salju sehari sebelumnya. Kami bermain-main cukup lama di tepi danau. Big A mencari-cari bebatuan kecil yang pipih untuk dia lemparkan ke danau dan menghitung berapa pantulan yang bisa ia lakukan. Little A sibuk mencari-cari kerikil yang warnanya pink. Kami melanjutkan perjalanan menuju Boat Shed, garasi perahu yang fotonya sering muncul di kartupos, artikel dan brosur tentang Tasmania. Sebenarnya banyak sekali pilihan jalur trekking yang bisa dilakukan dari sini. Semua jalur trekking, berikut jarak, waktu tempuh dan tingkat kesulitan dipasang di papan di tepi danau. Kita tinggal memilih berdasarkan tingkat kemampuan ďŹ sik dan waktu yang kita punya. Turis biasanya akan memilih menyusuri danau melalui Dove Lake Circuit Track, yang bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Ada satu

trek yang sangat terkenal di kalangan bushwalkers di sini, yaitu The Overland Track. Ibaratnya, trek sepanjang 65 km dan ditempuh dalam 6 hari ini adalah perjalanan suci mereka. Seseorang belum pantas dinobatkan sebagai petualang sejati kalau belum pernah mencoba trek yang dimulai di Dove Lake dan berakhir di Lake St Clair ini. Untuk menempuh trek ini, kita harus mendaftar ke Parks & Wildlife Service dan membayar biaya sebesar AU$ 180 untuk dewasa dan AU$ 144 untuk anak usia di bawah 17 tahun. Yang ingin melihat pemandangan Cradle Mountain dari atas, bisa menempuh trek menuju Marions Lookout sepanjang 2km, dengan waktu tempuh satu sampai satu setengah jam. Kami sendiri tentu memilih trek yang paling mudah dan paling pendek. Selain karena tidak punya waktu banyak, juga karena anak-anak tidak mungkin jalan terlalu jauh. Kami duduk-duduk dan main air di dekat Boat Shed, sambil menonton turis-turis Jepang menyantap bekal makan siang mereka. Ketika turis-turis sudah pergi, danau ini menjadi milik kami berempat. Suasana sungguh damai dan tenang. Saya pun berhasil mewujudkan cita-cita ‘dangkal’ saya: berfoto dengan latar belakang Boat Shed seperti di kartu pos.

27 JUNE / 2013


Mulai

Mulai

134 JD /

AU$ 24 /

malam

malam

Hobart Grand Chancellor 1 Davey Street Hobart Lokasi sangat strategis, tepat di tepi pelabuhan. Kalau menginap di sini tinggal jalan kaki ke mana-mana. Tarif kamar per malam tergantung musim, mulai AU$120. Satu kamar bisa untuk keluarga, 2 dewasa dan 2 anak.

Hobart Hostel 41 Barrack Street, Hobart WiFi gratis, bisa print tiket pesawat, lounge untuk berkumpulnya para backpacker.

T: +962-6-4641361 W: www.grandchancellorhotels.com

!

Pulau Tasmania mendapatkan nama dari Abel Tasman, eksplorer dari Belanda, yang melaporkan ‘penemuan’ pulau ini ke masyarakat Eropa pada 24 November 1642. Tasmania juga dikenal sebagai Apple Isle karena menjadi salah satu produsen apel terbesar di dunia.

Paling mudah menyewa mobil dan menyetir sendiri. Bisa menggunakan SIM Internasional atau SIM A Indonesia yang dilengkapi dokumen terjemahan bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah. Agen sewa mobil: Avis, Budget, atau Thrifty. Tarif per hari (termasuk asuransi) mulai $40.

Salamanca Market, setiap Sabtu jam 8 -15. Barangbarang kerajinan, souvenir unik dan produk pertanian segar seperti homemade selai dan madu.

Bus dalam kota, tiket per hari AU$ 3.

Optus atau Vodafone. Prepaid SIM mulai AU$2 (belum termasuk pulsa), bisa dibeli di kios atau supermarket.

Bus antar kota: Tassielink. Rute dan tarif bisa dilihat di http://www.tassielink.com.au Contoh: Hobart – Launceston AU$ 33/orang, waktu tempuh 2 jam 20 menit

Peak Season Musim Panas: Desember – Januari Libur Paskah: April Musim Semi: September-Oktober Tidak ada penerbangan langsung, dari Jakarta/Denpasar harus transit di Melbourne, kota terdekat dari Tasmania. Tiket pp mulai AU$ 600, dilayani airlines Garuda Indonesia, Qantas, Virgin Australia dan Jetstar. Rute Melbourne-Hobart/Launceston dilayani oleh Tiger Airways, Jetstar, Virgin atau Qantas. Tiket one way mulai AU$ 50.

JUNE / 2013

28

Low Season Musim Gugur: Maret, Mei Musim Dingin: Juni - Agustus 220 Volt dengan colokan 2 pipih miring.

Tasmanian Devil adalah hewan marsupial khas dari pulau ini, ukurannya kecil dengan bobot 6-8kg, berwarna hitam dan putih. Karnivora pemakan tulang dan bangkai ini tidak menyerang manusia kecuali diganggu.

BUDGET Tiket Jakarta – Melbourne pp 4x $700

$2800

Tiket Melbourne – Hobart/Launceston pp

$400

Visa

$150

Shuttle dari bandara Tiket tur Cadbury Laundry Tiket National Park *Kurs 1 AU$ = Rp 10.000

$25 $11,5 $8 $49,5


advent ure

TEKS & FOTO: YUDASMORO

DrIvE HARD Ada cara lain untuk menikmati keindahan alam Bromo-Semeru. Dengan sebuah mobil Jip tua dan seorang o roader yang handal.

JUNE / 2013

30


31 JUNE / 2013


“A

was pohon!� Teriak seorang kawan sambil menundukkan tubuhnya. Kami sedang menumpang sebuah mobil Jip bak terbuka menuju ke Ranu Pani. Sebuah desa yang begitu populer di kalangan para pendaki gunung. Jalur yang menghadang Jip kami sebetulnya tak berat. Jalannya cukup mulus meski kadang berliku. Pohonpohon besar memagari kami di samping jalan. Dahan-dahannya yang menjulur ke bawah adalah “ranjau darat� buat kami. Sekali saja lengah, bisa jadi wajah kami tersambar batang pohon. Jip menyusuri jalur-jalur sempit bertepi jurang. Agak merinding untuk melihat sisi kanan mobil karena saya bisa melihat langsung dalamnya jurang tanpa pengaman apa pun. Meski sedikit mengerikan, tapi di seberangnya saya disuguhi hamparan perkebunan yang sedap untuk dipandang mata. Kadang mobil berbelok masuk hutan, kadang menyusuri jurang. Karena jalan yang sempit, akan menjadi tantangan tersendiri saat mobil harus berhadapan dengan pengendara lain. Jalur berliku yang sempit ini tidak bisa menampung dua mobil berjejer. Salah satu dari JUNE / 2013

32

kami harus mengalah dan menepi. Tentunya tak mungkin menepi di sisi jurang. Saya tak tahu apa pernah ada mobil yang terjun bebas di jalur ini, yang jelas di sini tak ada pagar pengaman, apalagi ramburambu peringatan untuk menyetir dengan hati-hati. Ujian bagi kami terjadi saat Jip harus beberapa kali menjajal trek tanjakan curam. Mungkin karena mesin yang tak kuat, mobil pun mogok. Tepat di tengahsebuah savana (padang rumput) yang diselimuti kabut. Menuju ke Ranu Pani, saya harus menyiapkan diri untuk berhadapan dengan cuaca dingin. Mungkin karena dilabel sebagai desanya para pendaki, menuju ke Ranu Pani pun saya harus menghadapi beberapa kejadian. Setelah menjajal rute berliku, mengalami mesin mogok dan beberapa kali mengeluarkan jurus menghindari batang pohon, akhirnya saya tiba di Ranu Pani. Desa yang terletak di ketinggian 2.200 meter dpl ini memang dari tahun 1940an sudah dijadikan jalur utama untuk pendakian ke Mahameru, puncak Gunung Semeru. Selain terdapat beberapa homestay, di desa ini juga pengunjung juga bisa menginap di posko pendakian.


Saat saya tiba tampaknya bukan sedang musim turis atau musim pendakian. Desa ini menyambut saya dengan dua hal: dingin dan senyap. Saya tak melihat ada pendaki yang berseliweran. Cuma ada beberapa warga lokal yang asyik menghisap rokok sambil berbalut sarung memperhatikan kedatangan saya. Saya memilih Ranu Regulo sebagai tempat bermalam. Esoknya, pagi membangunkan saya dengan udara dingin dan kabut pekatnya. Saya memilih sepeda sebagai alat menjelajah sebuah padang yang sarat dengan alang-alang di samping danau. Tidak mudah mengendalikannya. Petualangan belum berakhir. Mobil Jip yang kemarin saya gunakan sudah siap untuk kembali mengantarkan saya bertualang ke lokasi lain yang lebih eksotis, savana Bromo. Supir Jip kembali menunjukkan ketangguhan mobil tuanya. Kami keluar dari trek yang membelah savana dan membabat liar rumput-rumput yang kadang menyelimuti jebakan-jebakan alam seperti lubang dan gundukan tanah. Sesekali kami terpental ke udara dan terjembab ke dalam lubang. Selain membutuhkan keahlian tingkat tinggi, nyetir mobil o road di medan seperti ini memang harus

33 JUNE / 2013


tahan guncangan tingkat tinggi. Kaldera Bromo memiliki sisi berbeda, yaitu lautan pasir yang sangat melegenda. Menyetir di situ juga membutuhkan keahlian khusus. Kami menjajalnya esok hari. Terbitnya matahari di Bromo adalah momen sakral bagi semua orang, khususnya para pengendara jip. Jalur Penanjakan yang lazim dilalui banyak kendaraan adalah salah satunya. Menuju ke sana, diperlukan mobil jip yang dapat disewa. Jalurnya? Bayangkan sebuah gang sempit menyusuri tebing dan tanpa pengaman. Sedikit saja kesalahan, maka Anda akan terjun bebas ke jurang! Karena cukup banyak mobil Jip yang beroperasi di sini, kadang adu balap pun terjadi. Supir Jip saya adalah salah satu pelakunya. Seru juga meski kadang membuat wajah saya jadi pucat pasi. Tantangan memacu Jip di padang pasir ini bukan cuma kontur tanah yang tak bisa diprediksi. Kabut tebal yang turun di pagi hari adalah bumbu penyedap bagi para penggila adrenalin o road di sini. Jalur yang penuh sensasi, cuaca berkabut dan kontur tanah yang kadang berbuah maut adalah paket yang harus dinikmati saat bertandang ke kawasan Bromo – Semeru. JUNE / 2013

34


exp lore

MER ENG KUH TEKS & FOTO: S. EKO ANDI PURNOMO

MENTAWAI Jarang tersentuh oleh wisatawan lokal, Mentawai justru kondang di mata turis asing. Lokasinya yang langsung menghadap Samudera Hindia membuatnya menjadi incaran para pemburu ombak dari berbagai belahan dunia.

MAY //2013 JUNE 2013

36


Dermaga Bungus

D

ermaga Bungus di kota Padang menjadi tempat saya mengawali perjalanan ke Kepulauan Mentawai. Sebuah gugusan kepulauan yang memanjang di sisi barat Sumatera. Lokasinya berseberangan langsung dengan Propinsi Sumatera Barat dan Samudera Hindia. Mungkin karena inilah Mentawai menjadi lebih tenar di mata turis bule dari pada di negerinya sendiri. Samudera Hindia telah menempa Mentawai dengan ombaknya yang khas sejak lama. Inilah salah satu surga para peselancar! Bagi para pengejar ombak, tersedia transportasi umum ke Mentawai, yaitu KMP Ambu-Ambu & KMP Sumber Rezeki Baru dengan jarak tempuh 10-12 jam tergantung keadaan laut dan cuaca. Kapal umum hanya berangkat sekali dalam seminggu. Alternatif lain adalah melalui jalur udara dengan pesawat terbang Perintis. Untunglah saya diperbolehkan menyebrang dengan speed boot “Sikerei� milik Pemda Mentawai dengan jarak tempuh yang juga lebih cepat, yaitu sekitar 6jam. Adanya fasilitas ini juga merupakan sinyal positif bagi para investor untuk dapat membangun pariwisata Mentawai.

Subet

Setelah melalui ujian mabuk laut, akhirnya saya tiba di Dermaga Tuapejat, ibukota Mentawai. Seporsi subet menyambut saya dalam rangka santap siang.

37 JUNE / 2013


QUICK!FACTS kaum wanita Suku Mentawai melakukan ritual meruncingkan gigi untuk kecantikan

Pantai Mapadeggat Subet adalah panganan khas Mentawai yang terbuat dari olahan Keladi (sejenis umbi). Rasanya manis, mirip dengan gethuk di Jawa. Usai menyantap cemilan, saya menuju ke Pantai Mapadegat. Untuk mencapainya, saya menggunakan ojek. Tak ada angkot di Mentawai, apalagi taksi. Rute ke pantai ditempuh dengan melalui jalan setapak. Begitu sampai, pemandangan khas Mentawai menyambut saya. Rumah-rumah tradisional yang sangat sederhana dan beratapkan rumbia dari daun sagu, semak belukar dan terdapat kandang ternak babi.

Surfer boys

Kaum remaja lokal terlihat sibuk menenteng papan selancar. SurďŹ ng kini telah menjadi bagian dari masyarakat Mentawai. Pengaruh budaya barat di sini bukanlah restoran fastfood atau kafe dengan kopi yang dihias cantik. Tapi papan surďŹ ng! Mapadegat hanya menjadi tempat persinggahan saya sebelum saya menuju Pulau Sipora untuk bermalam di Wisma Bintang. Esoknya, keramaian Dermaga Tuapejat di pagi hari melepas kepergian saya menuju Pulau Siberut yang merupakan Cagar BiosďŹ r Dunia. Tujuan saya adalah Taman Nasional Siberut. Dari informasi yang saya JUNE / 2013

38

Jembatan ke Pantai


telusuri, taman nasional ini memiliki 896 spesies tanaman berkayu, 31 jenis mamalia dan 134 jenis burung. 4 spesies di sini tercatat sebagai spesies yang hampir punah. Siamang Mentawai, Lutung, Monyet Mentawai dan Beruk adalah jenis spesies yang kini mulai terancam keberadaannya.

Tari Monyet

Sikerei

Saya disambut oleh warga setempat dengan tari-tarian adat. Keramahan warga di sini sangat luar biasa. Salah satu tujuan saya di sini selain taman nasional adalah suku pedalaman. Saya ingin bertemu dengan para Sikerei atau para dukun yang dikenal juga dengan gelar kepala suku. Tapi sebelumnya, saya mampir dulu di Desa Maileppet. Meski jauh dari peradaban dunia modern, tapi warga Siberut sudah akrab dengan konsep Ekowisata. Konsep pariwisata yang meningkatkan kesejahteraan warga sekitar tanpa harus merusak lingkungannya. Kearifan lokal warisan leluhur memang tiada duanya dibanding dengan teori-teori lingkungan hidup para pejabat. Ibu Minarsih menjadi pemandu saya untuk menuju ke gerbang pedalaman, yaitu Desa Madobak. Mencapai “gerbang” ini tidak seperti perjalanan pada umumnya. Saya harus menggunakan sampan kecil yang hanya cukup diisi 5 orang. Jarak yang harus saya tempuh adalah 30 kilometer dengan lama sekitar 4 jam perjalanan. Soal sampan, belum seberapa. Tantangan terberat adalah cuaca di Mentawai. Warga setempat ternyata mengenal istilah “sedia plastik sebelum hujan”. Ini dikarenakan kondisi cuaca yang kerap berubah. “Plastik” adalah istilah yang digunakan sebagai pengganti “payung” yang dianggap bisa mengganggu aktifitas dalam penggunaannya. Dengan hanya menggunakan plastik atau jas hujan, penduduk tetap bisa leluasa bekerja meski diguyur hujan. Payung? Agak repot menggunakannya. Setidaknya itulah penjelasan dari Ibu Minarsih dan warga setempat. Sepanjang perjalanan, pemandangan hutan bakau, pohon kelapa dan desa-desa tradisional menemani saya. Cuaca hujan menambah sensasi adventure ala Indiana Jones, ditambah ketrampilan ekstra untuk menyeimbangkan tubuh di atas sampan. Saya tiba di Desa Madobak pada sore hari dan memutuskan untuk bermalam di sini bersama warga. Sebagian warga di sini tinggal di Uma, rumah adat yang berbentuk panggung dan berfondasi batu karang. Setiap Umi dihuni sekitar 5 – 7 orang keluarga sedarah (dari garis ayah). Setiap Uma juga

39 JUNE / 2013


Hutan Bakau

Sampan Menuju Madobak

Desa Madobak

diberi nama sesuai dengan nama keluarga besar pemiliknya. Setiap Uma dipimpin oleh seorang Rimata. Seperti “kepala keluarga” kalau di rumah saya. Interior Uma begitu mengejutkan saya. Jika biasanya saya menjumpai lukisan yang menggantung di dinding rumah, di Uma saya menyaksikan deretan tengkorak hewan-hewan buruan seperti babi, monyet dan tempurung penyu yang menjadi dekorasi interior. Usut punya usut, ternyata deretan tengkorak ini juga menjadi simbol prestis tersendiri bagi warga Mentawai. Masyarakat Jakarta mungkin juga harus mencontoh warga Mentawai. Kendaraan mewah yang menjadi simbol prestis di Jakarta terbukti menjadi penyebab kemacetan. Berikutnya saya menyambangi Desa Ugai dan Desa Butui. Jaraknya sekitar 7 kilometer dan ditempuh dengan cara jalan kaki. Tak ada kendaraan bermotor di tempat ini. Ibu Minarsih kembali membimbing saya membelah hutan sagu, perbukitan dan jalan berlumpur. Terpal plastik kembali saya gunakan mengingat cuaca Mentawai yang sering berubah dan terutama karena pepatah lokal “sedia plastik sebelum hujan”.

JUNE / 2013

40

Uma Dua hal yang menjadi ciri khas saat bertemu warga di sini adalah “Anaileoita” (sapaan salam, Halo) dan “Ada rokok?” Betul! Di sini, rokok adalah alat komunikasi paling manjur. Rokok adalah semacam ice breaker untuk bisa akrab dengan warga setempat. Tak Cuma kaum pria, kaum wanita paruh baya juga sering dijumpai sedang menghisap tembakau di sini. Kegembiraan anakanak menyambut saya saat tiba di Desa Ugai. Sikerei menyambut saya lengkap dengan pakaian adatnya yang hanya berupa cawet sambil memegang busur dengan anak panah yang sudah dibubuhi racun di ujungnya. Tubuhnya dipenuhi tato khas Mentawai. Ini kesempatan langka bagi saya. Dengan meminta izin, saya pun berfoto bersama sang kepala suku.


Perjalanan berlanjut ke Desa Butui. Rute berlumpur kembali menghadang saya dalam perjalanan ini. Saya juga harus melalui jembatan yang terdiri dari hanya dua batang pohon kelapa. Tubuh tak seimbang? Sulit rasanya melalui rintangan ini. Saya kembali tiba di sebuah Uma untuk beristirahat. Lokasinya jauh di pelosok hutan.

Tengkorak Dalam Uma

Aktivitas Warga Pedalaman

Tari Ayam

Pantai Katiet

Saya kembali akan bermalam di Uma malam ini. Menginap di Uma memang perlu penyesuaian khusus. Terutama buat saya. Di sini tidak ada kamar mandi. Untuk keperluan cuci dan mandi, warga Mentawai menggunakan aliran sungai. Sedangkan untuk buang air besar, mereka melakukannya di hutan dengan menggali lubang dan kemudian menutupnya kembali. Keyakinan warga setempat untuk tidak mencemari sungai membuat mereka pantang untuk buang air di sungai. Satu lagi yang harus dicontoh oleh warga bantaran kali di Jakarta. Ternyata ini adalah malam spesial buat saya. Sikerei Aman Lau Lau, pemilik Uma tempat saya bermalam telah menyiapkan pentas kecil-kecilan buat saya. Malam ini tampaknya akan ramai dengan panggung spontan di dalam Uma. Selepas makan malam, Sang sikerei beserta anaknya menyuguhkan atraksi tarian khas Mentawai yang diiringi dengan tabuhan 2 buah gendang yang terbuat dari kulit ular piton. Ada 2 tarian yang mereka tunjukan yaitu tarian monyet dan tarian Ayam. Malam itu, petualangan saya ditutup dengan tarian yang mengandung ďŹ losoďŹ tentang berburu. Kegiatan yang telah mendarah daging pada warga Mentawai. Esoknya saya melanjutkan perjalanan untuk mencari sisi lain dari Mentawai. Saya kembali Desa Madobak untuk selanjutnya meneruskan perjalanan menuju Desa Mailepet. Rute panjang berlumpur kembali saya lalui. Setelah itu saya berganti moda transportasi dengan menggunakan perahu motor. Menggunakan transportasi di Mentawai memang butuh mental petualang tersendiri. Manai Koat Guest house di Desa Maileppet menjadi markas saya untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang keindahannya membuat mata saya sulit terpejam. Esoknya, perjalanan kembali saya lanjutkan utuk menuju ke Pantai Katiet di selatan Pulau Sipora. Waktu tempuhnya sekitar 2,5 jam dengan speedboat melalui ombak yang agak besar. Maklum saja, Pantai Katiet adalah salah satu titik jalur surďŹ ng dunia. Penjelajah di

41 JUNE / 2013


Bandar Udara Soekarno Hatta Bandar Udara Minangkabau: Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Mandala, Sriwijaya

SurďŹ ng

Bungus, Padang - Tuapejat/Pulau Sipora: KMP Ambu-ambu Berangkat setiap Minggu pukul 20.00 harga tiket ekonomi: Rp 100.000,Tiket kelas bisnis (kamar): Rp 400.000,KM. Sumber rezeki baru Padang - Sipora: Rabu Bungus - Sipora: Sabtu harga tiket di dek: Rp 105.000,Tiket kamar : Rp 125.000,-

Katiet Souvenir Pantai Katiet saya awali dengan seporsi Lotek, makanan yang terdiri dari tahu, ayam, dan sayuran yang dibaluri bumbu kacang. Mirip Ketoprak atau Gado-Gadi di Jakarta. Sambil menikmati kuliner, saya sekaligus menikmati pantai yang jauh dari serakan sampah ini. Meski pantai Katiet ini ramai dikunjungi turis, tapi saya tidak pernah menemukan sampah yang dibuang sembarangan di sini. Akhirnya, petualangan saya di Mentawai diakhiri dengan pemandangan matahari terbenam di Pantai Katiet. Tirai perjalanan sudah diturunkan. Tanda akhir dari petualangan saya menjelajahi Bumi Sikerei.

! Minumlah obat anti Malaria sebelum berangkat menuju Mentawai, dan bawalah beberapa butir untuk cadangan. Jaringan komunikasi dan listrik di Mentawai, terutama wilayah pedalaman belum memadai. Di sebagian wilayah hanya provider Telkomsel yang dapat digunakan, sementara di pedalaman tidak ada listrik dan signal untuk akses komunikasi. Mengingat cuaca Mentawai yang tidak menentu, diwajibkan membawa perlengkapan untuk hujan, terutama terpal plastik. Bawa uang tunai yang cukup, karena perjalanan ke Mentawai memerlukan biaya yang cukup besar. (info wisata: www.gomentawai.com)

JUNE / 2013

42

Pesawat perintis Susi Air Bandara Minangkabau-bandara Rongkot, Sipora Tarif pesawat: Rp 350.000,-

Manai Koat Guesthouse Desa Maileppet Siberut P: +62 812 7723 3629 W: www.manaikoatguesthouse.com Wisma Bintang Jl. Raya Tuapejat km.0 Sipora Bundo Guesthouse Jl. Raya Tuapejat km.6 Sipora Oinan Village Mapadegat Jl. Mapadegat Aloita Resort Pulau Simakakang P: 081294652470 W: www.aloitaresort.com

Halo / Apa Kabar: Anaileoita Terima kasih: Masura Bagata Namaku adalah: Oning ku... Saya Dari: Aku bara... Maaf: Bojoik Pagi: Simancep Siang: Sitagok Malam: Sisoubok


urba n stor y

NAKED TIME! Kalau kata “telanjang” cenderung memiliki arti negatif bagi budaya kita, budaya Onsen di Jepang justru mengartikan sebaliknya.

B

erendam di air panas alami adalah hal yang sudah biasa dalam dunia pariwisata. Di Indonesia, objek wisata alam yang mengusung pemandian air panas juga banyak tersebar, mengingat Indonesia sendiri memang dikenal dengan negara yang paling banyak memiliki gunung berapi aktif. Namun di Jepang, tradisi berendam yang disebut dengan Onsen bukanlah sembarangan berendam. Melakukan Onsen dibutuhkan nyali tingkat tinggi. Kenapa? Karena saat berendam kita harus dalam keadaan telanjang bulat Dari asal katanya, Onsen sendiri sebetulnya berarti air panas alami atau hot springs dalam bahasa Inggrisnya. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, Onsen cenderung diartikan sebagai berendam di air panas alami ala Jepang.

JUNE / 2013

44

Tradisi onsen sebetulnya sudah ada sejak zaman Edo dimana kalangan masyarakat Jepang saat itu masih dikekang oleh sistem kasta atau masyarakat dengan jenjang kelas. Ada kelas para pedagang, petani, pejabat dan militer yang dikenal dengan Samurai. Perbedaan kelas yang sangat menonjol ini hanya bisa dilebur dalam tradisi Onsen. Tradisi Jepang melarang sehelai benang pun melekat di tubuh saat berendam. Menurut adat mereka, itu melanggar etika. Dalam kondisi “telanjang” inilah sebenarnya makna filosofis Onsen itu terdapat. Melepas seluruh pakaian sebetulnya melambangkan lepasnya hal duniawi sehingga tidak ada lagi perbedaan antar sesama. Tidak ada orang kaya yang berpakaian necis dan tidak ada orang miskin yang berbaju lusuh.


TEKS & FOTO: YUDASMORO

tempat umum tidak bisa diterima begitu saja oleh turis mancanegara. Di masa kini sebagian Onsen dilakukan terpisah meski masih ada di beberapa tempat yang memberlakukan Onsen campuran. Shibu Onsen adalah salah satu kota yang terkenal dengan wisata Onsen-nya. Terletak di Yamanouchi prefecture, bisa dibilang Shibu Onsen adalah kota Onsen. Hampir di sepanjang jalan dan gang saya bisa melihat public bath. Ada juga tempat untuk sekedar mencelupkan kaki di air panas yang ramai dikunjungi oleh rombongan keluarga. Saya jadi mengacu pada kisah-kisah di kitab suci bahwa Adam dan Hawa awalnya juga diciptakan tanpa sehelai benang pun di tubuhnya. Bayi yang baru lahir juga memiliki arti kesucian karena dalam kondisi telanjang. Jadi, saat kita telanjang dalam Onsen, makna spiritualnya adalah kembali pada hakekat kesucian diri. Zaman dulu, Onsen ternyata dilakukan secara mix. Campur antara laki-laki dan wanita. Nah, ini yang paling membuat saya penasaran! Namun mengikuti perkembangan zaman di mana Jepang mulai menggiatkan industri pariwisata, Onsen tidak lagi mengikuti pakem aslinya. Telanjang di

Keunikan lainnya di sini ada 9 pemandian khusus yang hanya boleh digunakan oleh warga lokal atau tamu yang menginap di ryokan (penginapan) secara berurutan. 9 pemandian ini setiap harinya selalu dalam keadaan terkunci dan kuncinya dipegang oleh para pemilik ryokan. Setiap tamu yang berendam di satu pemandian akan mendapatkan suvenir dan tanda stempel khusus. Bagi siapapun yang melakukan Onsen di 9 pemandian ini secara berurutan maka dipercaya akan mendapatkan keberuntungan dalam nasibnya. Bagaimana? Anda siap “telanjang� di Jepang?

45 JUNE / 2013


edit or’s list

5SHANGHAI THINGS TO DO IN

“Tirai Bambu” Negeri Cina tampaknya kian terbuka. Melalui rentang sejarah yang panjang, Shanghai kini membuka pintunya untuk dunia.

JUNE / 2013

46


Attitude in Altitude K

unjungi Oriental Pearl TV Tower. Dengan tinggi 468 meter, menara yang awalnya berfungsi sebagai pemancar siaran televisi ini kini berubah menjadi maskot pariwisata kota Shanghai. Bentuknya mirip roket luar angkasa dengan bangunan berbentuk bola di setiap lantainya. Seperti kebanyakan bangunan menara terkenal lainnya di dunia, Oriental Pearl TV Tower juga dilengkapi dengan observation deck yang berfungsi untuk mengamati pemandangan kota Shanghai dari ketinggian puncak menara. Tapi yang yang menjadi atraksi utama di sini sebetulnya adalah lantai kaca di atas ruangan observasi yaitu transparent observatory.

Bergaya di atas kaca yang seolah melayang di ketinggian ratusan meter memang tampaknya hal sederhana, tapi bagi yang belum biasa, rasa pusing bisa langsung menyergap tiba-tiba. Bagi yang menderita takut ketinggian, jangan khawatir. Karena kaca ini cukup kuat untuk menahan beban berat. Jadi, jangan melihat ke bawah, yang penting bergaya dan‌ berfoto! Berani?

47 JUNE / 2013


The House of Wax B

agi penggemar film seram, sebaiknya singkirkan jauh-jauh imaji film House of The Wax. Museum Maddam Tussaud adalah museum yang memajang karya-karya patung lilin dari para seniman dunia. Ingin berfoto dengan Tom Cruise, David Beckham atau Madonna? Nah, di museum inilah kamu bisa sepuas-puasnya berfoto dengan replika tokoh-tokoh terkenal. Museum ini terbagi dalam beberapa bagian. Ada bagian khusus untuk artis-artis Hollwood, bagian khusus untuk para tokoh legendaris seperti Steve Jobs, Neil Armstrong dan ada bagian khusus tentang politisi. Di sini, Anda harus mengantri cukup lama untuk sekedar berfoto dengan replika Barrack Obama. Bagi Anda penggemar K-Pop, jangan khawatir, karena ada bagian khusus yang memajang artis-artis mandarin dan K-Pop. JUNE / 2013

48

Meski kini museum yang sudah membuka cabang di beberapa negara ini adalah salah satu objek penyerap turis yang potensial, tapi biografi Maddam Tussaud sendiri sebetulnya tidaklah seindah koleksi museumnya kini. Di museum ini Anda akan berjumpa dengan replika sosok Maddam Tussaud lengkap dengan biografi singkatnya yang tidak secerah popularitas museumnya kini.


Little Venice in Fengjing Town

N

ama Fengjing memang tak setenar Beijing atau Shanghai. Tapi kota kecil berjarak satu jam berkendara dari Shanghai ini adalah salah satu lokasi yang wajib dikunjungi turis saat berada di Shanghai. Menurut catatan sejarah, Fengjing Town dulunya bernama Bainiu. Kota ini didirikan pada masa Dinasti Yuan dan pada masa kekuasaan Dinasti Ming, Bainiu berubah nama menjadi Fenjing dan ditetapkan sebagai pusat kebudayaan. Keunikan Fengjing Town langsung terasa saat saya memasuki areal kota kecil ini. Bangunan setempat masih menganut desain Cina tradisional. Banyak terdapat gang-gang yang kanan-kirinya dipenuhi toko souvenir dan kedai makan. Selain berbelanja, turis juga bisa melihat langsung detak kehidupan warga lokal. Dan atraksi utama di Fengjing adalah wisata sungai dengan perahu kayu menyusuri

kanal-kanal yang membelah kota. mirip dengan kanal-kanal di Venesia, namun di sini lebih bernuansa oriental. Perlu berhati-hati di sini untuk berwisata kuliner, karena cukup sulit menemukan hidangan yang halal.

49 JUNE / 2013


Enjoy Tianzifang! M

enghabiskan waktu sambil bersantai menikmati secangkir Chinese Tea di sebuah cafĂŠ bernuansa Eropa tentunya akan menjadi momen yang paling romantis di tengah hiruk pikuk kota Shanghai. Saat mengunjungi Tianzifang, sebuah gang sempit dan agak gelap yang pinggirnya dipenuhi skuter listrik menyambut saya. Agak masuk ke dalam, sebuah bar bergaya Eropa klasik menjadi awal dari petualangan saya menyusuri gang-gang sempit bergaya kolonial Eropa yang dipenuhi toko souvenir dan cafĂŠ. Kolonial Perancis memang pernah menorehkan kekuasaannya di Shanghai. Tianzifang adalah contohnya. Semua bangunan yang membentuk lorong-lorong labirin ini adalah hasil pembangunan JUNE / 2013

50

di masa kekuasaan Perancis di tanah Tiongkok. Meski lorong-lorong ini berukuran cukup sempit, tapi kondisinya sangat rapih dan bersih. Selain itu, banyak juga turis asing yang menghabiskan waktu di sini sambil menikmati sebotol bir atau secangkir kopi.


A Romantic Night Cruise

TEKS & FOTO: YUDASMORO

S

atu lagi yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Shanghai adalah berlayar di sepanjang Sungai Huangpu sambil menyaksikan pemandangan ikonik kawasan bisnis dan kawasan kota tua di sisi yang berlawanan. Tur ini bermula dari The Bund, sebuah kawasan populer untuk menikmati pemandangan pusat kota Shanghai. Di sinilah biasanya setiap hari, baik siang maupun malam dipadati oleh turis lokal dan mancanegara yang ingin berfoto-foto sambil menikmati kemegahan Shanghai modern dan suasana klasik kota ini. Dengan membayar tiket seharga 100 Yuan (Rp 160.000) per orang, tur pesiar ini memakan waktu sekitar 40 menit mengitari beberapa kawasan sepanjang Sungai Huangpu. Anda juga bisa melihat

kapal-kapal pesiar mewah yang sedang berlabuh di pelabuhan. Jika ingin suasana yang romantis, cobalah tur malam hari. Lampu-lampu kota Shanghai dijamin akan membuat suasana akan menjadi semakin mesra.

51 JUNE / 2013


logb ook : sho p

EXCHANGE YOUR STYLE

Fashion store terbaru dengan konsep yang baru.

K

onsep fashion store baru saja dibuka di EX, Plaza Indonesia. Perpaduan label fashion lokal Indonesia dan Asia menjadi trademark tersendiri yang diusung oleh Fashion Xchange. Sesuai namanya, fashion store ini dibuat dengan maksud untuk saling menukar informasi, produk dan trend fashion. Terdiri dari 95 lebih label fashion pada gerai yang baru dibuka pada 5 April 2013 lalu. Dengan 80% merk lokal dan 20% merk internasional khususnya Asia, Fashion Xchange menjadi concept store yang dicari oleh para indie-cool urbanite. Mulai dari 3D oleh Dave Hendrik dan Tri Handoko, Noom & Nomi, O2M, NewFangled oleh Ichwan Thoha, dan masih banyak lagi label fashion lokal lainnya. Sedangkan untuk label dari fashion designer Asia, terdapat label dari Singapore, diantaranya 77thStreet, sebuah label fashion street wear. Label Revasseur, sebuah label yang memadukan desain orisinil dengan avant-garde karya fashion desainer Gilda Su. Lalu beberapa label lainnya seperti Triologie, Depression, Palchelbel, Camouage, DearLaura, dan lain-lain. Tak hanya konsep yang terbilang cukup baru di dunia fashion store, kejutan juga dihadirkan oleh Fashion Xchange ini dengan areanya yang sangat luas. Dua lantai yang ditempati Fashion Xchange membuat pengunjung diajak untuk mengikuti alur yang sangat unik dan bebas untuk melihat-lihat. JUNE / 2013

52


TEKS: IVANA FEDORA FOTO: DOK. FASHION XCHANGE

Urbanity merupakan tema utama yang diangkat oleh Fashion Xchange dalam mendekor storenya. Didominasi dengan warna hitam dan putih membuat suasana monokrom semakin kental terasa. Ketika pengunjung menaiki tangga menuju lantai dua, pada dinding dapat terlihat kumpulan quote berbau fashion dan diharapkan dapat menginspirasi pengunjung Fashion Xchange. Selain produk fashion, fashion store ini juga menjual berbagai packaging souvenir di salah satu sudutnya. Kumpulan sofa bantal unik terhampar di salah satu area seakan memanggil pengunjung untuk mendudukinya. Ternyata, kumpulan sofa bantal ini juga menjadi salah satu produk yang dijual oleh Fashion Xchange. Beberapa pernak pernik warna-warni yang cantik terlihat sangat menarik dari kejauhan dan tak disangka pernakpernik tersebut adalah perlengkapan pesta. Mulai dari cup kertas warna pastel, sedotan yang sudah dihias dan beberapa perlengkapan pesta lainnya. Sebagai concept store, tidak tertinggal sebuah tempat hangout sambil berbelanja yang disediakan Fashion Xchange yaitu sebuah cafÊ di dalam store. CafÊ Crumbs Etc menyajikan light menu dan coee- tea untuk menemani pengunjung di kala menjelajah produk fashion di Fashion Xchange.

Fashion Xchange

EX Plaza Indonesia, L2-16, L3 Jl. M.H. Thamrin Kav 28-30. Jakarta Pusat, 10350 (021) 3199.0123 Setiap hari: 10.00 - 22.00

53 JUNE / 2013


logb ook : stay

SAY HELLO TO ALOITA Enjoy the adventure and comfort in Residential Heaven

D

alam kamus masyarakat Mentawai, “Aloita” berarti “Halo” atau ucapan salam. Terletak di Pulau Simakakang yang termasuk kawasan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Aloita resort dan spa merupakan salah satu resort unik yang wajib dijadikan pilihan ketika anda berlibur ke Mentawai. Menginap di resort ini seakan tak ingin beranjak ke tempat lain. Karena selain pemandangan pantai nya yang begitu memanjakan mata, Aloita resort juga menyediakan fasilitas yang tentunya membuat pengunjung tidak akan kehabisan ide untuk menikmati serta beraktivitas di kepulauan yang luar biasa indah ini. Berbagai aktivitas laut yang dapat dinikmati pengunjung seperti surfing di kawasan titik ombak kelas dunia, snorkeling, diving dengan perlengkapan serta didampingi instruktur professional yang akan menemani anda mengexplore kecantikan terumbu karang di sekitar pulau setan yang terletak di dekat resort ini.

5454

JUNE AUGUST / 2013 / 2012


berbagai minuman serta permainan menarik seperti billyard, football table, dan lainnya. Aloita memberikan special rate bagi wisatawan domestik untuk dapat menikmati fasilitas yang disediakan, yaitu kisaran Rp 800.000 per orang untuk satu malam. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas diving bersama instruktur profesional dikenakan biaya Rp 500.000.

TEKS & FOTO: S. EKO ANDI PURNOMO

Resort yang berkonsep natural & traditional ini sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam serta pesona pantai di Simakakang, sekaligus mencoba berbagai aktivitas laut yang tentunya akan memanjakan sisi adrenalin para penikmat ombak di Mentawai.

Kegiatan lain yang juga dapat anda nikmati adalah memancing, hiking dan wisata budaya untuk mengunjungi suku-suku pedalaman yang ada di kepulauan Mentawai. Bagi Anda yang hanya ingin bersantai. Aloita menyediakan bungalow yang sangat nyaman, bersih serta terdapat akses jalur langsung untuk menuju ke pantai, tanpa harus melalui jalan umum. Menu kenyamanan lain yang ditawarkan oleh resort ini adalah fasilitas Spa yang berkualitas serta sebuah bar terletak hanya beberapa meter dari bibir pantai yang dapat dijadikan tempat untuk berkumpul dengan kerabat sambil menikmati

wiďŹ Bar Diving and snorkle geer Barbeque area Aloita Resort & Spa Pulau Simakakang, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat T: 081294652470

Mulai

Rp 700.000,per malam/orang

AUGUST JUNE/ /2012 2013 5555


logb ook : dine

PERFECT PUBLICO Kemegahan era New York tahun 1920an, di mana musik dan kebersamaan adalah konsep yang tak bisa dilepaskan, kini hadir di jantung Jakarta.

P

UBLICO menjadi sebuah tempat yang berbeda dan menyenangkan, dengan konsep dan desain yang ditawarkan, dimana kekuatan dari arsitektur bergaya Art Deco begitu kuat terasa di sini. PUBLICO – Bistro & Winebar menjadi sebuah tempat yang wajib dikunjungi oleh warga Jakarta. Dibagi menjadi tiga lantai, di lantai dasar (ground oor) terdapat dua ruangan privat yang diberi nama Hemingway dan Capone. Nama tersebut digunakan sebagai bentuk penghargaan kepada Ernest Hemingway, seorang penulis dan wartawan dari sebuah harian bernama Publico, yang pada masa itu menjadi koran berita paling terpercaya di kota New York.

Lantai satu (Main Floor) merupakan area utama PUBLICO. Anda dapat merasakan suasana New York di era keemasan para imigran Eropa, yang kemudian merubah kultur kota New York dan menjadikan kota itu sebuah kota budaya paling penting di dunia. Di lantai ini juga terdapat Wine Cellar. Memasuki lantai dua, Anda akan menemukan sebuah area baru yang akan terasa lebih hidup dengan adanya DJ Booth serta area untuk music performances, dan tentunya wine cellar. JUNE / 2013

56


Inggris, dan merupakan satu-satunya restoran di Indonesia yang menggunakannya! Inka Grill ini diimpor khusus untuk menyesuaikan konsep yang diusung di tempat ini, dimana pada era tersebut, memasak atau mengolah makanan masih menggunakan pembakaran arang yang tradisional. Chef di PUBLICO tentunya memiliki kemampuan di atas standar dalam food and beverage industry. Semua ini dilakukan untuk Anda, teman-teman kami (ya, PUBLICO memanggil tamunya dengan sebutan teman, atau bahkan nama), karena standar pelayanan yang dihadirkan di PUBLICO adalah personalized service, dimana Anda akan merasa seperti sedang bersantap dan bersantai dengan pelayan, bartender serta chef pribadi Anda sendiri. Selain Bar yang lengkap serta koleksi Wine lebih dari 400 buah dari seluruh dunia yang disimpan di wine cellar masing-masing lantai. Selain itu, PUBLICO juga menghadirkan beberapa minuman yang menjadi ciri khas seperti Maiden Moonshine, Gentleman’s Port, Le bleu de France, Mango Cabana dan banyak lagi lainnya. PUBLICO - Bistro & Winebar adalah sebuah tempat dimana Anda dapat menjadi diri Anda sendiri tanpa harus merasa asing. Welcome to the roaring Twenties!

PUBLICO

TEKS & FOTO: YUDASMORO

Jl. senopati raya no.65 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan T: +62 21 5296 4960

Berbicara soal musik dan hiburan, tentu tidak akan lepas dari konsep yang diusung, sesuai dengan era keemasan New York di dekade 1920an, yaitu musik Jazz dan Swing. Di hari kerja, Anda dapat menikmati sajian live music yang memainkan Jazz, Jazz Pop, Jazz Swing dan Swing. Sementara di hari Jumat dan Sabtu, Anda dapat menikmati sajian musik dari resident DJ yang juga memainkan musik Jazz dan Swing, dengan sentuhan musik eletronik modern. Salah satu keunikan di PUBLICO adalah adanya Inka Charcoal Grill Oven yang diimpor langsung dari

Rp 45.000,- s/d Rp 255.000,-

Weekday: 11.00 - 00.00 Weekend: 11.00 - 01.00

layanan khusus serasa memiliki chef pribadi

57 JUNE / 2013


uniq ue lodg e

S

iapa yang tak kenal dengan brand jeans klasik ternama Levi’s? Sebuah brand jeans asal Amerika ini diajak berkolaborasi dengan perusahaan hotel besar 25hours German untuk membangun sebuah hotel dengan konsep unik. Bertempat di gedung bekas kantor, arsitek Karl Dudler bekerjasama dengan desainer Michael Dreher dan Delphine Buhro membangun hotel perpaduan jeans, 25hours Hotel by Levi’s.

WHEN HOTEL & JEANS COLLIDE Apa jadinya jika konsep celana jins dipadukan dengan bisnis hotel?

JUNE / 2013

58

Hotel yang berdekatan dengan stasiun utama Frankfurt ini dilengkapi dengan 76 kamar tamu dan interiornya didominasi dengan nuansa biru dan nila. Desainnya yang memang unik ini mengangkat suasana era Rock n Roll sebagai tema spesialnya dikarenakan merk jeans Levi’s yang seringkali dikaitkan dengan genre musik tersebut. 25hours Hotel by Levi’s dapat dilihat sebagai sebuah penghormatan kepada fashion, budaya dan gaya 1930-an hingga 1980-an. Di tiap enam lantai didedikasikan untuk satu dekade yang berbeda-beda, dapat dilihat dari pemilihan warna, furniture dan dekorasinya. Tema “blue jeans” dimasukkan Buhro dan Dreher sebagai elemen


merasakan panggung mini ini. Ditambah dengan fasilitas restoran Chez IMA dan workstation IMac membuat 25hours Hotel by Levi’s semakin menunjukkan komitmennya untuk membuat para tamu merasa nyaman seolah-olah mereka telah memakai jeans yang sempurna. budaya populer Amerika yang memang digemari oleh masyarakat luas.

Mulai

154 euro

TEKS: IVANA FEDORA FOTO: ISTIMEWA

Hanya di hotel ini, Anda akan menemukan tipe kamar dengan sebutan M, L dan XL layaknya ukuran jeans pada umumnya. Temukan suasana jeans di tiap-tiap ukuran kamar, lengkap dengan pernak-pernik jeans Levi’s. Ingin melihat pemandangan Frankfurt? Habiskan waktu Anda di rooftop 25hours Hotel by Levi’s. Rooftop dengan furniture ala rock n roll sekaligus akan menjadi tempat yang spesial bagi Anda untuk menikmati berbagai acara seperti outdoor movies, konser atau barbeque. 25hours Hotel by Levi’s mempunyai 1000 area dari basement hingga rooftop, di mana seluruh acara dapat diadakan di hotel ini. Salah satunya, The Gibson Session Room. Ruangan musik yang didesain full bersama peralatannya oleh Gibson Musical Instruments, bisa digunakan oleh pengunjung, pemusik atau siapapun yang ingin

per malam

Restaurant café lounge WIFI Function Hall 25hours Hotel by Levi´s Niddastrasse 58 60329 Frankfurt, German T: +49 69 25 66 77 0 Fax: +49 69 25 66 77 280 E-mail: levis@25hours-hotels.com

59 JUNE / 2013


tech gee k

THE NEW

GALAXY Smartphone khusus untuk Anda yang aktif.

Harga:

00

Rp 7.499.0

amsung Galaxy S4 menjadi android keluaran terbaru dari Samsung. Ponsel berbasis OS Andorid 4.2 Jelly Bean ini menggunakan baterai berukuran sebesar 2.600 MAh untuk memaksimalkan penggunaan ponsel. Sekilas apabila dibandingkan dengan Galaxy S3 terdahulu, Galaxy S4 memang tidak menawarkan loncatan perubahan yang signifikan dari segi desainnya. Layar sentuh kapasitif Super Amoled berukuran 5 inci mendukung aktivitas Anda dengan ketahanannya yang tinggi. Ketajaman warna hingga 16 M colors membuat Galaxy S4 semakin terlihat elegan ketika dipakai. Terdapat sebuah kamera di bagian belakang, dengan resolusi 13 MP lengkap dengan autofocus dan juga LED flash serta kamera depan 2 MP. Dengan fitur dual camera, Anda bisa menggunakan kedua kamera ini secara bersamaan. Anda dapat mendapatkan hasil bidikan objek menjadi lebih jelas dan tajam seperti aslinya. Hasil bidikannya pun tak perlu diragukan lagi. Sebagai salah satu vendor ponsel ternama di dunia, Samsung tidak berhenti

JUNE / 2013

60

merancang ponsel canggih yang mengedepankan sisi hardware dan fitur. Galaxy S4 dilengkapi dengan fitur Air Gesture, fitur ini memungkinkan untuk menggerakkan layar tanpa harus menyentuhnya secara langsung. Ingin menerjemahkan pesan Anda? Galaxy S4 dilengkapi dengan aplikasi S Translator, Aplikasi ini bisa menerjemahkan berbagai pesan ke dalam 10 bahasa berbeda. Anda dapat menggunakan pandangan mata agar layar bergerak secara otomatis tanpa perlu menyentuhnya dikarenakan adanya fitur Smart Scroll. Dengan Smart Pause, video dapat berhenti secara otomatis ketika mata Anda tidak menatap ke arah layar. Keunggulan lainnya adalah Group Play, yaitu aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memainkan beberapa permainan Android bersama dengan pengguna lainnya (multiplayer). Dengan MicroSD 16GB dan 2 GB RAM, seluruh fitur-fitur dan aplikasi yang Anda gunakan akan berjalan nyaman dan lancar sesuai dengan kocek yang Anda keluarkan.

TEKS: IVANA FEDORA

S


gamees& list & list gam enen

Conquer the Galaxy, one planet at a time

Rating:

G

amevil akhirnya merilis game dengan nama Galaxy Empire, dengan visual yang cukup memuaskan. Dalam Galaxy Empire, pemain akan berada di area luar angkasa dan ditempatkan pada satu planet. Game yang bergenre RTS ini akan membuat Anda kagum dengan visual 3D yang tergambar secara isometrik. Galaxy Empire mengharapkan Anda sebagai pemimpin planet tersebut untuk pintar mengatur planet dari segala hal. Membuat berbagai struktur bangunan, lahan untuk bertani dan tentu saja mempersiapkan pasukan militer untuk mengambil teritorial

lain. Untuk memimpin pasukan ke dunia baru, Anda harus mengutus petugas dan komandan. Mengisi planet Anda dengan tambang sehingga Anda akan mendapat sumber daya alam yang tentunya membantu perkembangan teknologi baru planet Anda. Permainan ini penuh akan tantangan untuk mengatur berbagai koloni dalam satu permainan. Untuk itu Anda harus bisa mengatur strategi dan pertarungan dengan baik. Galaxy Empire juga menyediakan fitur sosial secara global, sehingga Anda bisa menggunakan fitur chat untuk mengobrol dengan pemain lainnya.

FREE Android Iphone Ipod

The 20/20 Experience Artis: Justin Timberlake Rilis: 2013

M The “Sexy Back” come back with the unexpected rhythms and harmonies.

Rating:

JUNE / 2013

62

antan personil N’sync, Justin Timberlake kembali menampilkan sisi maskulin di album barunya, The 20/20 Experience. Kualitas musik yang semakin matang ditunjukkan Justin melalui album solo ketiganya ini. Dengan single pertamanya bersama Jay-Z “Suit & Tie”, Justin berhasil masuk dalam jajaran top five musik dunia. Suara falsetto sang penyanyi dengan detak hip hop serta gabungan R&B dan pop tersebut diproduksi oleh kolaborator lama Justin yaitu Timbaland. “Mirrors” sebagai single kedua dari album terbaru Justin kembali berhasil menarik

perhatian dunia, dengan menjadi lagu nomor satu di United Kingdom. Irama mid tempo pop, R&B dan soul dapat Anda dengarkan pada lagu “Strawberry Bubblegum”. Slow R&B diawali dengan iringan orkestra pada lagu “Pusher Love Girl”. Lagu “Don’t Hold The Wall” menghipnotis kita dengan groove-nya yang sensual. Tema romansa sangat kental dirasakan dalam album ini. Ditambah dengan lagu-lagu lain seperti “Spaceship Coupe”, “That Girl”, “Let The Groove Get In” dan “Blue Ocean Floor” keromantisan Justin benar-benar tergambarkan pada album ketiganya ini.


sce ne & read

FAST AND FURIOUS 6 Sutradara: Justin Lin Pemain: Vin Diesel, Paul Walker, Michelle Rodriguez, Joe Taslim, Dwayne Johnson Durasi: 132 menit

F

ilm Fast And Furious 6 dimulai ketika Agent Luke Hobbs yang diperankan oleh Dwayne Johnson meminta bantuan Dom dan Brian untuk menundukkan sebuah organisasi mematikan. Lewat skill balap keduanya, Hobbs berharap organisasi yang dihuni para pembalap-pembalap jalan mematikan tersebut bisa dilumpuhkan. Sebagai bayarannya, Hobbs menjanjikan pembersihan nama baik keduanya. Sejak perampokan yang dilakukan oleh Dom dan Brian meruntuhkan kekuasaan gembong senjata dan meninggalkan kru mereka dengan uang sebesar 100

juta dollar, para jagoan telah menyebar ke seluruh dunia. Tetapi mereka sulit untuk pulang dan harus hidup selamanya menjadi buronan membuat kehidupan mereka menjadi tidak menentu. Sementara itu, Hobbs tengah melacak keberadaan sebuah organisasi berisikan para pengemudi terlatih yang tersebar di 12 negara. Organisasi tersebut didalangi oleh seorang gembong perampok dan dibantu oleh mantan kekasih Dom, Letty. Satu-satunya cara untuk menghentikan kejahatan kriminal mereka yaitu mengalahkannya di atas aspal. Hobbs meminta Dom untuk membentuk tim elit di London.

KELILING SUMATERA LUAR DALAM Pengarang: Muhammad Iqbal Penerbit: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

TEKS: IVANA FEDORA, YUDASMORO

Harga: Rp 45.000 Bagi Anda yang memiliki mimpi besar untuk melakukan perjalanan lintas Sumatera atau daerah lain, rasanya wajib untuk membaca buku ini. Muhammad Iqbal, sang penulisnya secara gamblang menceritakan perjalanannya. Penulis tidak melakukan perjalanan seperti perjalanan pada umumnya. Selain melakukan perjalanan, penulis juga banyak berinteraksi dengan warga lokal.

Kisah-kisah perjalanan yang disampaikan tidak hanya menyentuh objek-objek wisata nan indah. Penulis juga menceritakan realita sosial yang kadang membuat miris. Kisahkisah seru gaya petualang mulai dari membelah ombak besar dan berhimpitan di kereta api juga diceritakan penulis dengan apa adanya.

63 JUNE / 2013


travel note s

64 64

JUNE AUGUST / 2013 / 2012


LOST IN

ARASHIYAMA Sebuah kekayaan Negeri Sakura tersimpan di sini, distrik kecil yang bersebelahan dengan nama besar Kyoto.

AUGUST APRIL JUNE/ /2012 / 2013 2013 65 65 65


S

enja sudah merambat turun. Saya terpaku di depan sebuah hamparan sawah yang membentang di hadapan mata. Padi-padi yang hijau mengingatkan saya akan kampung halaman saya. Bedanya, ini di Jepang. Tak ada ubi rebus dan kopi tubruk yang tersaji di depan saya. Saya mengakhiri trip hari itu di daerah Kameoka. Sebuah pedesaan di pinggir Distrik Arashiyama, Kyoto. Arashiyama sebetulnya muncul secara spontan dalam benak saya. Saat berbincang dengan sesama pelancong di hostel, nama Arashiyama begitu saja sempat terlontar dari mereka dan malam itu juga saya langsung menyusun rencana ke Arashiyama. Esoknya dengan tekad bulat saya bertolak ke Arashiyama. Saya menggunakan kereta JR Sagano Line dengan waktu tempuh tak sampai setengah jam. Pagi masih belum beranjak saat saya tiba di sana. Jarak antar objek satu sama lain cukup dekat, tiga sampai empat kilometer, jika dihela dengan jalan kaki tidak terlalu melelahkan, pun begitu cuaca sangat mendukung kala itu, tidak panas. Berbekal peta gratis dari stasiun, saya melangkahkan kaki ke arah perbukitan hijau Arashiyama. Secara umum kawasan ini dipenuhi JUNE / 2013

66

oleh kuil-kuil kuno dan bersejarah. Banyak kompleks kuil, baik Zen, Shinto ataupun Buddha terdapat di sini. Saya memasuki pedesaan-pedesaan Jepang yang sunyi, jalan hanya selebar lima kaki, mungkin mirip trotoar di Indonesia sebelum dimakan oleh ketamakan para pedagang kaki lima. Jalan yang saya lalui tersebut rupanya bukan jalan biasa. Jalur menuju tujuan kedua saya, Kuil Adashino Nenbutsuji disebut dengan Jalan Saga Toriimoto yang sudah ada sejak era Meiji (1868-1912), hingga sekarang dan membentang sejauh 2,5 kilometer. Konstruksi jalan tersebut dibuat dari perkerasan serupa aspal, dan pada bagian tengahnya adalah susunan batu berbentuk kubus Jalanan semakin menanjak dan tampaknya saya tersesat, karena menurut bapak-bapak penjaga kios seharusnya dari kiosnya sampai ke tempat kuil tersebut hanya 5 menit berjalan kaki. Bolak-balik peta dibuka, dicermati, namun tampaknya makin membingungkan. Akhirnya saya putuskan jalan terus. Anggap saja tersesat itu berkah, siapa tahu akan menemukan hal yang menyenangkan saat tersesat.


Dan benar! Mata saya tertuju pada sebuah papan nama kecil, tertutupi rimbunan pepohonan dan diletakkan begitu saja di pintu pagar. The Kyoto Japanese Folk Doll Museum. Museum yang menyimpan boneka-boneka tradisional Jepang. Saya kaget karena di peta tidak tercantum museum ini. Mungkin ini bukan destinasi utama di Arashiyama, sehingga tidak terlalu dikenal atau kurang dipromosikan. Museum ini berada di rumah tradisional Jepang, terdiri dari 2 lantai. Koleksinya mungkin mencapai ribuan mainan dari era silam Kekaisaran Jepang di masa lampau. Museum ini begitu sepi dan saya menjadi pengunjung satu-satunya. Seorang bapak paruh baya datang tergopoh-gopoh menghampiri saya dan ternyata beliau adalah penjaga dan pengurus museum ini. Beliau berbaik hati mengantarkan saya menjelajah lantai satu museum dan menunjukkan cara kerja boneka mekanis / automaton yang di Jepang lazim disebut dengan Karakuri. Automaton-automaton di museum ini mayoritas dari zaman Edo, walaupun ada dari jaman yang lebih tua. Dan koleksi di museum ini tidak hanya dari Kyoto, namun juga

67 JUNE / 2013


dari seantero Jepang. Bagi saya museum ini cukup memberikan gambaran saya bagaimana kemampuan mekanik bangsa Jepang sudah unggul sejak zaman Edo Dari museum yang mungil dan apik tersebut saya kembali berjalan sedikit menanjak menuju tujuan sebenarnya, Kuil Adashino Nenbutsuji. Kuil Buddha yang terletak di puncak bukit ini dibangun pada abad ke 9, ketika seorang Bhikku Buddha, Kobo Daishi meletakkan patung Budha sebagai penghormatan bagi jiwa-jiwa yang sudah meninggal dan menuju nirwana. Tradisi meletakkan patung Buddha sebagai penghormatan kemudian berlanjut ke era setelahnya, sehingga kuil tersebut menjadi penuh patung, bahkan bisa disebut ladang patung Buddha. Tujuan saya berikutnya adalah Hutan Bambu. Hanya ada satu jalan setapak menuju Hutan Bambu dengan kontur menurun. Kondisi jalan ini cukup bersahabat untuk saya yang mulai kepayahan. Imaji Hutan Bambu Arashiyama yang terhidang di otak saya adalah seperti di ďŹ lm-ďŹ lm samurai, sunyi JUNE / 2013

68


QUICK!FACTS bambu di Arashiyama pernah ditawarkan gubernur Kyoto untuk pada Thomas Alfa Edison untuk percobaan bola lampunya

senyap, hanya ada desir gesekan daun bambu dan angin yang mengalir dingin. Dan memang seperti itulah kenyataannya. Eloknya Hutan Bambu inilah yang menjadi magnet utama sehingga ribuan orang mengunjunginya setiap hari. Selain menimbulkan kesan magis, hutan ini juga menebar aura romantis. Semacam destinasi utama bagi mereka yang sedang dimabuk asmara. Beberapa kali saya berpapasan dengan pasangan muda-mudi yang saling bergandengan dan pipi bersemu merah delima. Dan saya hanya menatap sambil menelan ludah penuh rasa iri karena saya tidak datang ke Hutan Bambu ini bersama pasangan. Sebagai atraksi terakhir, saya memutuskan untuk mengikuti satu-satunya tur kereta api di jepang masih menggunakan lokomotif dan gerbong kuno. Sagano Scenic Train. Di desain memang untuk bernostalgia. Mulai dari stasiunnya yang banyak bernuansa kayu, di depan stasiun dipajang loko uap, di bagian dalam juga ada gerobak angkut untuk

menceritakan bagaimana transportasi di zaman dulu, benar-benar menghidupkan suasana era lampau. Selesai mengikuti tur kereta tua, saya menghabiskan waktu dengan bersantai di sekitar stasiun Torroko Kameoka. Saya tidak memotret di sini karena hanya ingin menikmati keindahan Kameoka tanpa reka digital. Senja sudah merambat turun. Saya terpaku di depan sebuah hamparan sawah yang membentang di hadapan mata. Padi-padi yang hijau mengingatkan saya akan kampung halaman saya.

Farchan Noor Rachman the_chandz@yahoo.com getaway! menerima cerita perjalananmu. Kirim tulisan sekitar 400 kata dengan foto resolusi tinggi (300px) serta keterangannya ke getawaymagz@gmail.com

69 JUNE / 2013


love trib e indo & cult nesure ia

BATAVIA’S

SHADOW PUPPET Meski populer di Jawa, wayang kulit sempat meninggalkan jejaknya di tanah Betawi. Dalang Sukar Pulung berusaha mempertahankannya.

7070

JUNE AUGUST / 2013 / 2012


AUGUST JUNE/ 2012 / 2013 71 71


S

osok Punakawan (Gareng, Bagong, Petruk, Semar) dalam wayang kulit biasanya menjadi babak yang paling saya tunggu kemunculannya. Dalam lakon apa pun, Punakawan biasanya bertugas untuk mengocok perut penonton. Tapi kali ini ada yang berbeda. Gareng tampil tak biasa. Ia mengenakan kaus oblong, begitu juga dengan Bagong dan Petruk. Mereka tampil lebih kasual dan bahkan berbicara dengan dialek Betawi. Tak jauh beda dengan pementasan Lenong. Kadang bahkan mereka melemparkan celetukan khas lenong pada penonton. Penonton pun membalasnya. Sukar Pulung ternyata adalah dalang di balik semua ini. Pria muda yang rajin tersenyum ini sedang mementaskan Wayang Kulit Betawi. Sebuah pertunjukan yang selama ini didominasi oleh budaya Jawa yang kuat. Menjadi Dalang wayang kulit Betawi menurutnya adalah tradisi keluarga. Meski sudah cukup sulit ditemui, tapi wayang kulit Betawi kini masih bertahan di daerah pinggiran Jakarta seperti Cibubur dan Bekasi. Wayang kulit Betawi mengusung lakon karangan, meski tokoh-tokohnya menggunakan sosok asli dari kisah Ramayana dan JUNE / 2013

72

Mahabharata. Jadi, jangan kaget bila menemukan Arjuna bicara dalam dialek Betawi yang khas atau Gareng bergurau dengan gaya Lenong. Berangkat dari karakter orang Betawi yang suka ceplas-ceplos, dialog yang dipertontonkan juga ceplas-ceplos. Di sela-sela pementasan, dalang juga sering melempar humor-humor khas Lenong. Kadang diselingi dengan lagu-lagu khas Betawi atau bahkan lagu dangdut. Gelak tawa dan celetukan penonton kerap terdengar selama Sukar Pulung mementaskan Wayang Kulit Betawi selama satu setengah jam. Ini seperti perpaduan pentas wayang dan lenong Betawi. Iringan musik Wayang Kulit Betawi memang sebagian besar masih menggunakan perangkat gamelan Sunda atau gambang kromong. Tapi saat menyaksikan pentasnya, saya melihat ada juga gitar listrik yang dimainkan. Tak ada informasi yang jelas mengapa musik pengiring wayang ini didominasi oleh musik Sunda. Menurut Sukar Pulung, itu sudah tradisi dari jaman dahulu. Dorongan arus urbanisasi dari berbagai daerah mungkin memaksa kesenian


QUICK!FACTS tahun 1920an wayang kulit Betawi diiringi gamelan bambu.

TEKS & FOTO: YUDASMORO

ini untuk berasimilasi dengan ikon budaya lain. Dokumentasi sejarah, seperti biasa masih menjadi barang langka di negeri ini. Sejarah dari Wayang Kulit Betawi sendiri konon dimulai sekitar tahun 1628 dan 1629. Saat itu Sultan Agung Anyakrakusuma mengerahkan prajurit Mataram untuk menggempur Batavia. Sebagian tentaranya tercecer di bagian selatan dan tenggara kota dan akhirnya menetap. Mereka inilah yang kemudian meneruskan budaya wayang kulit Purwa yang kemudian bercampur dengan adat Betawi. Secara teknis, wayang kulit Betawi tak jauh beda dengan yang ada di Jawa. Pentasnya digelar semalam suntuk. Lakonnya pun diambil dari kisah Mahabharata. Namun kemasan dalam penyampaiannya sangat jauh berbeda. Wayang Kulit Betawi kemudian sempat populer di kalangan warganya. Ia sempat menjadi primadona acara hari-hari besar sebelum akhirnya harus mengakui kekuatan arus modernisasi yang menerjang kota besar macam Jakarta. Wayang Kulit Betawi kini harus berjuang untuk bertahan hidup.

Meski kini harus bertahan dalam kondisi yang tak seperti dulu, tapi kehadiran wayang ini masih dinanti warganya, terutama saat hajatan dan pesta 17 Agustusan. Dalang Sukar Pulung bahkan mengakui dalam sebulan, beliau bisa pentas sepuluh kali dengan bayaran maksimal lima juta rupiah untuk sekali pentas semalam suntuk.

73 JUNE / 2013


love indo nes ia

S A N G AT TA Kota kecil di utara Kalimantan Timur ini masih berusaha menyimpan keasrian alamnya meski roda industri tengah menguras harta karun terbesarnya, batu bara.

S

angatta di Kalimantan Timur memang tak setenar Samarinda dan Balikpapan yang sudah populer di kalangan pekerja ekspat. Kota kecil di bagian utara Propinsi Kalimantan Timur ini bisa ditempuh dengan pesawat berbadan kecil dari Bandara Sepinggan Balikpapan dengan waktu 45 menit. Atau bagi penyuka jalan darat yang penuh tantangan, bisa juga menempuh perjalanan melalui jalur poros Bontang dengan waktu tempuh sekitar 8 jam dari Balikpapan. Jangan kaget dengan rutenya yang berliku-liku dan jalanan yang tak mulus. Mobil travel pun akan berjalan zig-zag untuk menghindari lubang dan menyalip truk. Sensasi khas yang membuat traveling ke Kalimantan terasa berbeda dengan dengan daerah lain. Di Sangatta, ada sebuah pantai bernama Aquatic Beach. Pantai ini berada di dalam kawasan tambang batubara di Tanjungbara. Pantai ini dikelola oleh pihak perusahaan tambang batubara tersebut, sehingga fasilitasnya terbilang cukup bagus. Untuk memasuki kawasan ini, jika kita bukan karyawan atau kerabat dari karyawan perusahaan batubara, kita harus meninggalkan KTP di pintu depan. JUNE / 2013

74


Pantai ini juga berfungsi sebagai tempat pengangkutan batu bara ke kapal di sepanjang kawasan ini juga terdapat conveyor belt yang mengangkut batu bara ke kapal. Sebuah pemandangan khas pertambangan batu bara yang di tengah kontradiksi pemandangan alam yang masih asri. Hutan di sepanjang pantai terlihat masih terjaga. Di sini masih banyak terdapat burung Enggang dan Bekantan. Di sela-sela hutan lebat bahkan saya sempat menjumpai Enggang yang sedang bersantai di sela pepohonan. Jalanan menuju pantai masih berupa jalan pasir dengan monyetmonyet yang berkeliaran di sisi jalan. Butuh kejelian dan ekstra hati-hati menyetir di sini karena monyetmonyet liar cukup banyak yang menghalangi jalan. Sebuah papan pengumuman di pinggir pantai sedikit mengusik keceriaan saya. Sebuah peringatan tentang bahaya ubur-ubur, pari dan kerapu batu mengingatkan saya untuk berhati-hati jika ingin bermain di air. Selain bermain air, pengunjung Aquatic Beach banyak yang menghabiskan waktu dengan memancing di dermaga. Dari dermaga ini saya bisa menyaksikan dua sisi Sangatta. Sebuah pantai dengan pasir putih yang bersih, konservasi mangrove dan conveyor belt yang tak henti mendulang batu bara. Dari Sangatta, saya menuju ke Desa Sangkima. Jaraknya sekitar satu jam perjalanan dari Sangatta. Bisa melewati jalan Poros Bontang tadi, bisa juga melewati jalan yang membelah hutan dan

75 JUNE / 2013


Di Desa Sangkima, ada dua objek wisata yang bisa dikunjungi, yaitu Teluk Lombok dan Taman Nasional Kutai. Saya pergi ke Teluk Lombok terlebih dahulu. Objek ini dikelola oleh warga sekitar. Beberapa fasilitas penting seperti toilet, penjual makanan, penjual oleh-oleh, bahkan banana boat dan ski air dioperasikan oleh manajemen warga lokal. Teluk Lombok adalah tujuan wisata utama di daerah Sangatta, sehingga tempat ini sering dipenuhi turis. Sayangnya, di waktu tertentu, jumlah kunjungan turis justru menjadi ancaman bagi kebersihan objek wisata ini.

Di sisi lain Teluk Lombok, terdapat hutan mangrove dan sebuah jembatan yang menghubungkan Teluk Lombok dengan desa pemukiman penduduk. Di jembatan ini orang-orang suka memancing.Selain menjadi pedagang di Teluk Lombok, warga sekitar juga membudidayakan mangrove dan rumput laut. Perjalanan saya berikutnya adalah menyambangi Taman Nasional Kutai (TNK). Sebuah kawasan wisata alam yang juga berfungsi sebagai wilayah konservasi. Sayangnya, wilayah TNK yang sebenarnya memiliki luas sekitar 200.000 hektar, tampaknya kini harus menghadapi kenyataan pahit. Lahannya terus menerus berkurang akibat pembukaan lahan. Belum lagi pencurian kayu ulin yang semakin marak. Sebagai paru-paru dunia, TNK kini harus menghadapi musuh terbesarnya yaitu manusia.

Momen terbaik mengunjungi Teluk Lombok adalah saat terbitnya matahari. Jika cuaca cerah, air laut akan memantulkan warna langit yang sedang berubah warna. Menikmati fenomena ini adalah pengalaman yang tak bisa dibeli. Jika laut sedang surut, kita bisa menemukan aneka hewan laut seperti teripang, kepiting, dan bintang laut.

Saya memasuki TNK dan berjalan mengikuti jalur treking, yaitu jalur yang sudah disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati segarnya udara di TNK. Sambil menghirup napas dalam-dalam, saya memanjakan mata saya di antara pemandangan pepohonan yang cukup rapat dan berjalan diiringi kicauan burung dan gemericik air ketika mendekati

perkampungan. kondisi jalannya belum diaspal, sehingga kalau hujan akan menjadi jalur o road dan kalau panas tak ubahnya seperti melintasi badai debu di Sahara.

JUNE / 2013

76


sungai. Udara di TNK terasa nyaman dan sejuk, sedikit lembab di beberapa tempat karena rapatnya pepohonan. Jalur yang saya lalui adalah jalur yang dibuat dari bilah-bilah kayu. Tidak terlalu sulit, namun harus ekstra hati-hati karena licin. Di dalam TNK juga terdapat jembatan gantung yang melintasi sungai, dan mata air yang dinamakan Pemandian Tujuh Putri. TNK juga menyimpan harta karun. Pohon Ulin tertua yang ada di sini ditaksir berusia sekitar 1.000 tahun dengan diameter sepanjang 2,47 meter.

TEKS: DIAH AYU SEKARARUM FOTO: DIAH AYU SEKARARUM, HIKMAH NURSARI

Selesai menjelajahi TNK, saya mengakhiri petualangan dengan bertandang ke rumah salah seorang warga. Seporsi Kue Cincin menjadi hidangan untuk menyambut saya. Ternyata kue ini sama dengan Kue Cincin khas Betawi yang terbuat dari tepung ketan dan gula. Jika di Jakarta kue Cincin benar-benar berbentuk lingkaran seperti donat, di Sangkima kue Cincinnya berbentuk segi empat dengan empat lubang di dalamnya. Menu ini adalah menu spesial penutup petualangan saya di Sangkima, Sangatta.

Bandar Udara Soekarno Hatta – Bandar Udara Sepinggan Balikpapan Garuda Indonesia Lion Air Sriwijaya Air Menuju sangata dapat menggunakan Pesawat perintis, mendarat di Bandar Udara Tanjung Bara. Alternatif lain dapat menggunakan mobil

Rumah Makan Idaman Jl. Karya Etam Sangatta, Kab. Kutim, Kalimantan Timur 7561

Hotel Amar Jl. Yos Sudarso IV. Sangatta Utara, Kutai Timur. Kalimantan Timur Tel: (+62-0549) 24040 Website: www.amarhotel.co.id Hotel Kutai Permai Jl Yos Sudarso I Sangatta-Kutai Timur Kalimantan Timur Phone/Fax : (0549) 21333

Pasar Induk Sangatta Pasar di Sangkima hanya buka sampai jam 9 pagi

77 JUNE / 2013


won der ful wor ld

THE KING OF THE

MADAGASCAR C

Berkurangnya hutan karena penebangan menjadi faktor utama kelangkaan hewan ini. Seringkali manusia juga memburu Fossa karena binatang dengan panjang sekitar 1 meter ini dianggap sebagai hama yang kerap menyerang hewan ternak. Sebagai akibatnya, populasi Fossa di alam mengalami penurunan dan populasinya tidak lebih dari 2.500 ekor.

JUNE / 2013

78

QUICK!FACTS Fossa memiliki pola hidup menyendiri (soliter).

Anda dapat melakukan adopsi di http://www.omahazoofoundation.org/

TEKS: IVANA FEDORA

ryptoprocta ferox atau yang biasa dikenal dengan Fossa adalah hewan karnivora terbesar di Madagaskar. Penciuman yang sangat tajam dan pandai memanjat pohon merupakan beberapa keunggulan dari hewan dengan kulit coklat-jingga ini. Walaupun mirip dengan kucing, para ahli menganggap Fossa memiliki kekerabatan yang lebih dekat dengan musang dan luwak. Menjadi karnivora terbesar di habitatnya, Fossa adalah predator puncak dalam siklus rantai makanan habitat liar di Madagaskar. Oleh karena itu, Fossa tidak memiliki musuh alamiah yang mengincarnya.


getaway

Reading points

Senayan City: Café Bon Francais Brew House Café Oh La La Chatter Box Cold Stone D’Excelso D’Glam Dairy Queen Express Thai Fitness First Foodism Gelato Bar Han Gang Head Quarter Johnny Andrean Jittlada Lu’vaze Ming Village Pizza Marzano Pizza Hut Soho Starbucks Sushi Tei Takigawa Tator

Potato Head Pancious Secret Recipe Starbucks Coffee

E Corner Kopi Luwak Daily Bread Qbox

Plaza Senayan: Café Oh La La Coffee Club Din Tai Fung Johnny Andrean Kafe Victoria Lu Vaze Paxi Barbershop Peter F Saerang Pizza Hut Starbucks Toni & Guy

Pondok Indah Mall 1 – 2: Café Oh La La Celebrity Fitness Chopstick Fish & Co Kafe Regal PHO 2000 Red Tomato Sapo Oriental Sour Sally Starbucks

Pasific Place: Bengawan Solo Coffee Café Bon Francais Coffee Club Coffee World Kopi Luwak Liberica Coffee

Epicentrum: 4 Fingers Comic Café Kafe Betawi Talaga T-Grill Starbucks Coffee

Cilandak Town Square: D’ Palace Dome Frankfurter Mangkok Putih Mister Bean Score Starbucks

Setiabudi One: Amadeus Starbucks Coffee Chatterbox Coffee World Sushi Groove Pizza e Birra Anomali Coffee Kafe Betawi Dapur Sunda Mangkok Putih Pisa Café & Ice Cream Frankfurter Mr. Pancake Plaza Indonesia: Bakerzin

Bistro Baron Café de Excelso Chatterbox Dante Coffee Shop De Excelso Family Café Gelare Ice Cream Café Heavenly Blush La Maison Kopi Luwak Lamoda Café Kafe Betawi Mister Bean Coffee Pancious Pizza e Birra QQ Kopitiam Saint Cinnamon Secret Recipe Spinelli Coffee The Coffee Bean Mall Kelapa gading: Aji Sen Ramen Food Sensation Celebrity Fitness Charmy Taiwan Noodles D’Exelso Dante Coffee Honey Moon Dessert Peter F. Saerang MM Juice Solaria Starbucks Sushi Groove The Coffee Bean Yakun Kaya Toast

Subscribe now by filling out this form: Name: ............................................................................ Address: ........................................................................ ....................................................................................... City / State / ZIP: ........................................................... E-mail: ........................................................................... Phone (Home): .............................................................. Phone (Mobile): ............................................................ Subscription package Jakarta 6 issues

Bodetabek

Luar Jabodetabek

[ ] Rp. 150.000,- [ ] Rp. 162.000,- [ ] Rp. 168.000,-

12 issues [ ] Rp. 250.000,- [ ] Rp. 324.000,- [ ] Rp. 336.000,*mark your selection with [ x ] PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +622134834177, +622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com

AUGUST JUNE/ 2012 / 2013 7979


dire ctor y

Aloita Resort & Spa Pulau Simakakang, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat T: 081294652470

Fashion Xchange

EX Plaza Indonesia, L2-16, L3 Jl. M.H. Thamrin Kav 28-30. Jakarta Pusat, 10350 T: (021) 3199.0123

PUBLICO Jl. senopati raya no.65 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan T: +62 21 5296 4960

25hours Hotel by Levi´s Niddastrasse 58 60329 Frankfurt, German T: +49 69 25 66 77 0 Fax: +49 69 25 66 77 280 E-mail: levis@25hours-hotels.com

JUNE / 2013

80


81 AUGUST / 2012


AUGUST / 2012

82


Getaway! June 2013 Issue