Issuu on Google+

getaway Magical

JE JU

3 Ti Amo,

ROMANTIC QUEENSTOWN MEALS

VENEZIA

FEBRUARY 2013 ISSUE www.getaway.co.id


tabl e of con ten ts

FEBRUARY / 2013 18 GRAND JOURNEY 40 ADVENTURE Ti Amo, Venezia

Gunung Slamet: Menantang, Menggoda

70 TRIBE & CULTURE

30 EXPLORE

46 EDITOR’S LIST

74 LOVE INDONESIA

Magical Jeju

3 Romantic Queenstown meals

Wayang Kaum Urban

Gorontalo

38 URBAN STORY 64 TRAVEL NOTES

Coffee Street

Balap Penyu di Pantai Kuta

ON THE COVER hal. 40

hal. 18 hal. 30 Photo: Gondola Venesia Selama berabad-abad Gondola menjadi salah satu sarana transportasi yang paling sering digunakan di Venesia, karena cocok digunakan di kota yang memiliki banyak lagoon ini.

FEBRUARY / 2013

22


3 OCTOBER / 2012


getaway Advisors Gary Lilardi Iwan CEO Cicilia Sudargo

Editor’s Note In the mood for love? Kalau berbicara mengenai liburan romantis, setiap orang mungkin memiliki definisi yang berbeda-beda. Toh asal berasa senang bersama pasangan, semua tempat bisa saja terasa romantis. Namun jika ingin merasakan nuansa yang telah terbukti sukses membuat banyak pasangan lainnya semakin lekat, getaway! bisa menawarkan beberapa alternatif. Coba lihat Venesia, salah satu kota paling romantis di dunia yang terkenal dengan kanal-kanalnya yang dilalui banyak gondola. Jika Anda lebih memilih berkeliling Asia, Pulau Jeju di Korea Selatan dapat menjadi salah satu persinggahan yang patut masuk ke daftar tujuan. After all, who doesn’t want some island romance? Now take a break, because it’s time for your getaway!

FEBRUARY / 2013

4

Editor in Chief Cita Arsita Farani Editor wilma hartyandari Art Designer S. Eko Andi Purnomo Photo Editor Edric Rahardja Advertising & Promotion Wilman Anugrah (wilman.getaway@gmail.com)

Contributors Fabiola Lawalata Pipiet Larasatie Rani Nelasari Rizki Pradana Sutanto Wijaya Yudasmoro

getaway!

diterbitkan oleh

PT GI Media Jl. Suryopranoto no.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. t: +622134834177,+622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com

Getaway! Magz

getawaymagz


February KidsFest! 2013 digelar di DBS Art Centre, Singapura mulai dari 30 Januari kemarin sampai 10 Februari 2013. Menampilkan drama musikal yang diadaptasi dari buku cerita anak-anak karangan Julia Donaldson dan Axel Scheer.

9

8

Banyak pertunjukan seni yang digelar dalam Phuket Chinese New Year Festival tahun ini di Thailand. Pertunjukan seni yang kental dengan suasana spiritual yang tinggi akan membuat para penonton merasa tenang dan takjub.

The International Travel & Holiday Fair tahun ini akan diadakan selama tiga hari di Hall A Jakarta Convention Center, Jakarta. Dari tahun ke tahun pameran ini sukses menjembatani 1.000 agen perjalanan domestik dan internasional dengan masyarakat.

15 16

Dalam rangka merayakan ulang tahun kota Solo, Solo Carnaval akan digelar di sepanjang jalan Slamet Riyadi, Solo. Karnaval ini mengangkat tema kebudayaan tradisional Jawa setempat. Gunungan Charity Boat Race merupakan acara rutin yang diselenggarakan sebagai kampanye lingkungan hidup sekaligus media penggalian potensi wisata air di Bengawan Solo, Jawa timur.

17

age nda

Saksikan keindahan layanglayang yang menghiasi langit Thailand dalam pagelaran Satun Thai And International Kite Festival 2013. Festival yang digelar sebulan penuh ini juga diisi dengan pagelaran budaya setempat.

20

Dalam Hong Kong Well-wishing Festival, masyarakat setempat menulis permohonan mereka pada selembar kertas dan melemparnya ke wishing tree dan mengapungkan lentera di sebuah kolam.

Huayi Chinese Festival of Arts merupakan acara budaya tahunan yang digelar untuk merayakan budaya Cina dengan pertunjukan drama kontemporer. Tahun ini digelar di Esplanade, Singapura dan akan berakhir pada tanggal 24 Februari.

25

19

24

The Art of Brick merupakan Lego Sculpture Exhibition yang dibuat oleh seniman terkenal Nathan Saways. Temukan berbagai patung yang disusun dari Lego di ArtScience Museum, Marina Bay Sands, Singapura.

Pagelaran Hong Kong Arts Festival ke-41 digelar di beberapa tempat yang berbeda di kota Hong Kong sampai akhir bulan Maret. Festival ini akan memamerkan berbagai hasil karya seniman lokal dan mancanegara.

27 5 FEBRUARY / 2013


besage t tim ndae

Where:

Budapest, Hungaria

When: Maret-April

Why:

Budapest Spring Festival merupakan festival kebudayaan terbesar yang diadakan di kota Budapest, Hungaria, setiap tahunnya. Dirayakan selama sepuluh hari, festival ini merupakan bentuk apresiasi terhadap segala macam kesenian mulai dari musik sampai tari-tarian tradisional setempat. Setiap sudut kota menyambut semua yang ingin merayakan festival besar ini. Gedung-gedung kesenian menjadi tempat untuk pagelaran musik, opera, dan tari-tarian, jalan-jalan utama di kota juga dijadikan tempat parade festival. Satu kota melebur jadi satu untuk merayakan Budapest Spring festival yang meriah.

QUICK!FACTS

Teks: wilma hartyandari

Ketika festival ini berlangsung, di setiap sudut kota Budapest akan menampilkan penampilan seni yang menarik.

FEBRUARY / 2013

6


wha age t’snda up

Dance

to the Beat!

T

epat pada tengah malam, Axwell, Steve Angello, dan Sebastian Ingrosso yang tergabung dalam Swedish House Mafia mulai menghibur semua pemggemarnya di Jakarta. Perhelatan dance music “Swedish House Mafia: One Last Tour” ini digelar di Eco Park, Ancol, Jakarta pada 19 Januari kemarin. Mungkin acara ini menjadi salah satu rave party yang seru sebagai pembuka tahun 2013 ini. Dibuka dengan “Grayhound”, tentunya beat-beat musik tersebut membuat para penonton terpacu untuk

bergoyang mengikuti musik. Hujan deras yang mengguyur Eco Park pada malam itu sama sekali tidak menyurutkan semangat para penonton. Semuanya larut dalam kegembiraan alunan musikmusik dansa yang dimainkan oleh trio dance music yang disebut-sebut sebagai ikon progressive house music masa kini. “The best rave party ever,” itulah komentar yang banyak dilontarkan oleh para penonton pada hari itu.

Kemitraan Eksklusif Antara Ozma Inc. dan Mileage Communications Group

P

ada 24 Januari 2013, Ozma Inc. Jepang dan Mileage Communications Group mengumumkan kemitraan eksklusif dan strategis untuk memberikan layanan dukungan Public Relations (PR) di Asia, di luar Jepang. Ozma Inc., sebuah perusahaan yang telah berdiri selama 50 tahun, adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Hakuhodo Inc., biro iklan nomor dua di Jepang. Perusahaan ini memberikan layanan konsultasi PR kepada perusahaan-perusahaan swasta terkemuka, badan-badan pemerintah, dan organisasi-organisasi masyarakat di Jepang dan di luar Jepang. Kemitraan baru ini akan menguntungkan perusahaan-perusahaan Jepang yang menikmati panduan strategis Ozma FEBRUARY / 2013

8

Inc. dan masukan setempat tentang inisiatif PR dan kepiawaian komunikasi dari Mileage Communications Group. Kombinasi yang unik ini secara efektif menyediakan rancangan usulan nilai bagi perusahaan-perusahaan Jepang yang mengembangkan bisnisnya di wilayah setempat. Nobuyuki Sakai, Presiden & CEO Ozma Inc., mengatakan, “Kami mempunyai banyak perusahaan Jepang yang membutuhkan dukungan PR di luar Jepang. Mileage Communications Group dengan jaringan 12 kantornya di Cina, India, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam menyediakan sarana yang baik bagi Ozma Inc. untuk menarik manfaat lebih maksimal.”


Welcome New Jetwing Hotels Sri Lanka

T

Teks: wilma hartyandari FOTO: ardian wiSnU Pratama, iStimEwa

erkenal sebagai tanah yang indah dan penuh dengan keramahan masyarakatnya, pesona Sri Lanka kini semakin lengkap dengan Jetwing Hotels. Manajemen Jetwing Hotels menambah beberapa resort tradisionalnya di Sri Lanka dalam bentuk beragam vila dan resort yang unik serta hangat. Sri Lanka memang merupakan salah satu tempat yang indah dan berpotensi tinggi untuk menarik para wisatawan. Kekayaan pantainya dijadikan salah satu daya tarik utama, tidak heran Jetwing Hotels mengembangkan daerah-daerah pantai Sri Lanka dengan membangun beberapa properti komersial sebagai fasilitas yang dapat digunakan

oleh para wisatawan. Mosvold Villa persembahan Jetwing Hotels merupakan salah satu vila yang menarik. Berdiri dengan anggunnya di teras Pantai Ahangama yang terkenal dengan keindahannya. Menuju ke sebuah desa kecil di daerah Kosgoda, Saron & Blue Villa menunggu dengan keindahan desainnya. Dengan pemandangan yang menghadap Laut India, vila ini benar-benar sebuah tempat yang tepat untuk menyegarkan pikiran dan menikmati keindahan yang dipersembahkan oleh alam India. Jetwing Hotels memang tahu benar bagaimana memanfaatkan potensi alam yang dimiliki oleh tanah India.

Le Meridien Takes Off

P

ada tanggal 24 Januari kemarin, Le Meridien Hotels & Resorts mengumumkan pertumbuhan yang pesat dan signiďŹ kan selama eksistensinya sebagai salah satu merek hotel yang terkemuka. Sepanjang tahun 2013 ini, Le Meridien mengumumkan akan mengoperasikan sembilan hotel barunya yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Sejak akuisisinya pada tahun 2005 silam, Le Meridien semakin berkembang menjadi hotel yang kontemporer dan terdepan. Selama kurang lebih tujuh tahun, Le Meridien memang sudah banyak melakukan transformasi yang cukup signiďŹ kan.

Adapun hotel-hotel yang akan mulai beroperasi secara bertahap sepanjang tahun ini adalah Le Meridien Bali Jimbaran di Indonesia, Le Meridien Atlanta Perimeter di Atlanta, Le Meridien Zhengzhou di Cina, Le Meridien Saigon di Vietnam, Le Meridien Cairo Airport di Mesir, Le Meridien Jiaonan Resort di Cina, Le Meridien Mahabaleshwar Resort & Spa di India, serta Le Meridien Oakbrook Center di Chicago. Semua fasilitas yang terdapat di hotel-hotel yang akan beroperasi tersebut semakin lengkap demi kenyamanan para tamunya nanti.

9 FEBRUARY / 2013


Penantian Panjang Weezerian Terbayarkan!

P

enantian panjang Weezerian selama hampir 18 tahun akhirnya terbayarkan, Weezer menggelar konser di Jakarta pada 8 Januari 2013 di Lapangan D Senayan. Kerinduan fans terpuaskan ketika sekitar pukul 8 malam, band yang beranggotakan Rivers Cuomo, Brian Bell, Patrick Wilson, dan Scott Shriner muncul di hadapan mereka. Rivers Cuomo sebagai frontman dari Weezer sangat komunikatif menyapa penonton dengan bahasa Indonesia, seperti “selamat malam”, “sip” dan lain-lain, setelah sebelumnya di akun Twitter pribadinya Rivers sempat menggunakan bahasa Indonesia pula, “Konser ini akan menyenangkan.” Berbagai lagu hit dari album-album Weezer selain “Blue Album” dimainkan seperti “Dope Nose”, “Beverly Hills”,

“Troublemaker”, “Perfect Situations”, “Hash Pipe”, hingga “El Scorcho”. Setelah selesai dengan The Greatest Hits, Weezer pun rehat sejenak sebelum muncul kembali dengan set list “Blue Album” yang dimainkan lengkap dan berurutan, semua lagu dari “My Name is Jonas” sampai “Only in Dreams”. Tak ketinggalan lagu legendaris mereka seperti “Buddy Holly”, “Say it Ain’t So”, dan “Sweater Song” digeber habis-habisan. Konser ini menjadi konser hebat pembuka awal tahun 2013 dengan antusiasme yang begitu besar dari penonton. Ini semua berkat kolaborasi para promotor muda Asia Live, Blackrock Entertainment, Marygops Studios, dan StarD Protainment yang menggelar konser bertajuk “LA Lights Concert Weezer”.

Swiss-Belhotel Harbour Bay, Batam

“H

adirnya Swiss-Belhotel Harbour Bay sebagai hotel ketiga di Batam, menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, telah ditunjuk kembali untuk mengelola properti di Batam. Batam merupakan tujuan potensial para pelaku bisnis maupun wisatawan, sehingga terbukanya peluang yang besar baik di sektor bisnis maupun pariwisata, dan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menghadirkan hotel berstandar internasional di wilayah tersebut. Dengan semangat passion and profesionalism yang menjadi ciri khas jajaran manajemen dan staf, kami pastikan bahwa hotel ini akan menjadi hotel yang FEBRUARY / 2013

10

luar biasa” komentar Swiss-Belhotel International Chairman and President, Gavin M. Faull pada acara pembukaan Swiss-Belhotel Harbour Bay di Batam tanggal 19 Januari kemarin. Acara pembukaan ini dihadiri langsung oleh jajaran manajemen eksekutif Swiss-Belhotel International, Chairman and President Gavin M. Faull, Senior Vice President Operations and Development for Indonesia, Malaysia and Vietnam Emmanuel Guillard, dan Direktur Utama PT Hotel Citra Batam Investama Jimmi Ho, serta Tommy Ho selaku Direktur dan Hartono selaku Komisioner.


coff bodeey trea talkt

Fun Bricks M

ungkin Ole Kirk Christiansen tidak pernah menyangka bahwa perusahaannyalah yang menjadi pelopor construction toys. Nama Lego merupakan salah satu merek yang sangat melekat di dunia mainan anak-anak. Seiring perkembangan zaman, ternyata mainan bongkar pasang milik Lego ini juga berkembang menjadi sebuah ikon mainan pintar yang bisa merangsang perkembangan otak anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun. Balok berwarna-warni Lego memiliki sebuah daya tarik yang besar untuk masyarakat, bahkan mungkin sudah menjadi kewajiban untuk dimiliki oleh setiap individual. Awalnya, Ole Kirk Christiansen membuat balokbalok Lego dari kayu selain membuat mainan

FEBRUARY / 2013

12

anak-anak lain yang juga menarik. Baru pada sekitar tahun 1947, balok-balok Lego tersebut dibuat dengan menggunakan material plastik. Dari waktu ke waktu, Lego sudah memberikan variasi tematema yang beraneka ragam, seperti tema kota, luar angkasa, bajak laut, dan masih banyak lagi. Seri tema-tema keluaran Lego menjadi sangat populer di kalangan masyarakat, dari anak kecil sampai orang dewasa membuat bentuk-bentuk miniatur bangunan maupun bentuk lainnya yang terdiri dari balok-balok Lego tersebut. Kini, balok-balok Lego tidak hanya digunakan untuk mainan semata. Jangkauan penggunaan balokbalok Lego sudah mencakup barang-barang yang bisa berfungsi sesuai bentuknya, misalnya kamera,

Teks: wilma hartyandari FOTO: iPBaSE, aSSEtSBywayS lEGOwiKia, wiKia, littlEyEllOBriCK

Lego membuat balok mainan warna-warninya bukan sekedar menjadi mainan biasa.


jam tangan, bahkan ada beberapa aksesoris kendaraan bermotor yang sudah menggunakan balok-balok Lego menjadi salah satu komponenya. Ketika berbicara soal collector’s item, sudah pasti Lego memiliki beragam variasi yang sudah masuk dalam hitungan, tentunya dengan harga yang selangit juga. Salah satu yang diperhitungkan menjadi salah satu set tema Lego yang paling susah dicari adalah seri Star Wars. Lego mengeluarkan berbagai macam set Lego dengan tema tersebut, dan seri Star Wars merupakan tema yang paling digemari oleh masyarakat. Tidak jarang harganya sangat tinggi, tapi banyak yang masih mencari seri tersebut, apalagi para penggila Star Wars. Set Lego yang langka dan mahal di luar seri tersebut adalah set miniatur bangunan Taj Mahal.

Baru-baru ini, Lego mengeluarkan bukan satu set, tapi hanya satu balok Lego yang menjadi balok Lego yang paling mahal di dunia. Berlapiskan 25-65 gram emas 24 karat, balok Lego berlapis emas tersebut dijadikan sebagai bentuk apresiasi perusahaan Lego untuk para pegawainya yang sudah bekerja selama 25 tahun. Sudah pasti balok Lego yang satu itu menjadi incaran banyak orang.

13 FEBRUARY / 2013


travel tips

Stress-free Holiday Merencanakan dan mengatur liburan yang sempurna bisa membuat seseorang tertekan. Perhatikan beberapa kiat bebas stres dalam merencanakan liburan.

S

emua orang pasti mendambakan sebuah liburan yang menyenangkan dan sempurna dalam semua detailnya. Tidak jarang keinginan tersebut malah membuat seseorang merasa tertekan. Jangan sampai tenaga Anda tersita banyak karena merasa tertekan ketika merencanakan liburan yang sempurna, sehingga Anda malah melewatkan hal-hal krusial dan liburan menjadi tidak menyenangkan.

Internet memang media paling ampuh untuk mendapatkan informasi. Cari informasi sebanyakbanyaknya tentang destinasi liburan Anda, mulai dari transportasi, hotel, biaya, tempat rekreasi, bahkan sampai jenis makanan dan minuman apa saja yang terdapat di destinasi liburan. Mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dapat membuat diri Anda siap untuk menghadapi segala sesuatu yang tidak terduga dan bisa mengatasinya dengan tepat.

Budget-Busting Finance

Budget selalu menjadi pertimbangan utama ketika merencanakan sebuah liburan. Tetap sesuaikan anggaran Anda dengan liburan, jangan sampai melebihi anggaran, karena itu akan membuat Anda pusing. Cari tempat-tempat yang tetap

1414

FEBRUARY NOVEMBER//2013 2012

menyenangkan dan tentu saja sesuai dengan anggaran Anda. Perbanyak pilihan tempat rekreasi yang ada di destinasi liburan Anda, tidak perlu selalu yang mahal dan mewah untuk mendapatkan liburan yang berkesan.

Stressing Less

Liburan merupakan salah satu kegiatan yang dipercaya dapat menghilangkan kepenatan, melakukan sesuatu yang menyenangkan dapat menyegarkan pikiran dan menimbulkan kembali sisi positif yang Anda punya. Ketika Anda sedang berlibur, saraf-saraf Anda kembali kendur setelah menghadapi kepenatan rutinitas yang Anda hadapi.

Enjoy Yourself!

Ini adalah liburan Anda, lupakan segala masalah dan kepenatan Anda dan bersenang-senanglah.

Teks: wilma hartyandari

Browse! Browse! Browse!


on top

TO THE MOON AND BACK M

enjelajahi luar angkasa rasanya merupakan kegiatan yang masih mustahil untuk dijadikan sebagai pilihan rekreasi atau liburan. Lepas landas dari bumi menuju luar angkasa, tempat kita akan melihat planet serta galaksi yang bertebaran merupakan sebuah impian dari kebanyakan manusia di bumi ini, merasakan bagaimana rasanya menjadi Neil Armstrong maupun penjelajah angkasa lainnya, adrenalinnya pasti akan terasa luar biasa. Virgin Galactic mendobrak semua batasan dan berani mengambil resiko dengan membuat armada untuk diberangkatkan ke luar angkasa dan dibuka untuk publik. Perusahaan yang bergerak di bidang spacecraft ini sedang merencanakan sebuah penerbangan pertama komersilnya ke luar angkasa. Penerbangan pertamanya akan dilakukan pada akhir tahun 2013. Perusahaan tersebut sudah banyak melakukan riset serta sudah membangun beberapa FEBRUARY / 2013

16

fasilitas yang diperlukan supaya penerbangan ke luar angkasa untuk publik ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. Walaupun penerbangan tersebut baru akan dilakukan pada akhir tahun 2013, kabarnya kursi-kursi yang tersedia di pesawat yang akan digunakan nanti sudah penuh. Tidak heran, semua orang pasti akan berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan kursi di penerbangan menuju luar angkasa. Sekitar 200.000 USD adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa merasakan pengalaman yang langka dan luar biasa ini. Bagi beberapa orang yang memang terobsesi untuk pergi menjelajahi luar angkasa, harga tersebut pasti bukan apa-apa. www.virgingalactic.com

Teks: wilma hartyandari FOtO: iStimEwa

Ketika menjelajahi luar angkasa menjadi mungkin bagi masyarakat umum.


gran d jour ney

FEBRUARY / 2013

18


TI AMO,

VENEZIA Saat suara merdu mandolin terdengar dari seluruh penjuru kota, dengan lirik lagu dalam bahasa Italia yang bercerita tentang Amore.

19 FEBRUARY / 2013


K

eanggunan jalinan kanal dan kecantikan bangunan tua merupakan paket estetika yang indah. Tak heran jika sejak ratusan tahun lalu kota penuh cinta bernama Venesia ini menjadi inspirasi bagi banyak pujangga dan seniman.

Venesia terletak di bagian utara Italia, bertetangga dengan kota besar lainnya seperti Milan dan Bologna. Ibarat negeri dongeng yang dibangun di atas air, Venesia yang memiliki luas 414,57 km2 ini dibelah oleh sungai utama yakni Grand Canal atau Canal Grande dalam bahasa Italia. Mobil tidak diperkenankan beredar di kota ini, sehingga satusatunya cara berkeliling kota adalah dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi air. Karena itulah orang menyebut kota Venesia dengan berbagai sebutan berkaitan dengan air seperti “City of Water”, “City of Bridges”, “The Floating City” dan “City of Canals”. Alasan yang sama menjadikan Venesia sebagai salah satu kota termahal di Italia dikarenakan segala sesuatu yang berkaitan dengan bahan penunjang hidup seperti makanan dan lain sebagainya harus diangkut dengan menggunakan jasa transportasi kapal. FEBRUARY / 2013

20

The Canals In Venice Italy


TEKS: FABIOLA LAWALATA FOTO: FABIOLA LAWALATA, ISTIMEWA

Venetian Traditional Costume Venesia telah lama berada di urutan teratas dari travel bucket list yang ingin saya kunjungi. Jutaan kali foto panorama kota berkanal ini saya pandangi hanya melalui TV ataupun media cetak. Keinginan tidak dapat saya bendung lebih lama lagi, sampai akhirnya di hari ini, pesawat yang saya naiki pun tiba di Bandara International Venesia, Marco Polo. Benvenuti a Venezia! Selamat datang di kota Venesia!

menawarkan kamar dengan harga yang cukup miring dibandingkan dengan hotel yang terletak di Venesia. Jaraknya pun tak jauh dari pusat kota Venesia dan pihak hotel di Mestre biasanya memberikan jasa transportasi shuttle secara cuma-cuma untuk tamu mereka. Bisa menjadi alternatif bukan?

Mencari akomodasi di Venesia bukanlah masalah, hotel dari bintang 1-5 banyak tersedia, tinggal disesuaikan saja dengan budget yang telah ditetapkan.Seperti yang telah tertulis sebelumnya. Venesia adalah salah satu kota dengan biaya hidup termahal selain Pulau Capri, karena segala sesuatunya harus diangkut melalui kanal. Jika Anda adalah wisatawan dengan low budget, mencari hotel di pinggiran kota Venesia bisa menjadi pilihan, contohnya hotel-hotel di kota Mestre yang berjarak kurang dari 20 kilometer di luar Venesia

Setelah menyelesaikan sarapan pagi, saya pun bergegas diantar mobil antar jemput gratis dari hotel tempat saya menginap di Mestre ini menuju pelabuhan Venesia. Menuju jantung kota Venesia, para pengunjung dapat menyusuri kanal dengan berjalan kaki atau menggunakan water bus bernama Vaporetto yang berbentuk semacam kapal ferry. Seperti halnya bus umum, Vaporetto pun diberi nomor trayek. Tersedia

DAY 1

Tak banyak yang dapat saya lakukan di hari pertama ketibaan ini selain beristirahat di kamar hotel karena hari sudah larut.

DAY 2

21 FEBRUARY / 2013


tiket reguler yang bisa dibeli di loket sebelum keberangkatan dan akan lebih hemat jika Anda membeli tiket harian, dua harian, atau tergantung dari berapa lama Anda akan tinggal di Venesia. Sebelum naik ke Vaporetto, tiket tersebut harus divalidasi terlebih dahulu pada mesin yang tersedia karena nanti akan ada awak kapal yang akan mengecek apakah para penumpang memiliki tiket. Jangan tanya berapa denda yang akan diberikan jika ketahuan Anda tidak memiliki tiket. Dari atas dek Vaporetto, saya melihat puluhan Gondola dan taksi air ramai lalu lalang, seperti di jalan raya hanya saja di atas air. Bangunanbangunan yang terletak di pinggir kanal pun terlihat beraneka ragam, namun di mata saya, hanya ada bangunan yang cantik dan yang sangat cantik. Arsitektur dan interior Italia memang tak ada bandingannya, tak pelak tombol kamera pun tanpa henti memainkan tugasnya. Saya dan penumpang Vaporetto lainnya berhenti di terminal Vaporetto di area Piazza San Marco yang merupakan pusat kota Venesia. Alun-alun luas ini menjadi saksi bisu segala kegiatan rakyat Venesia sejak ratusan tahun silam. Ratusan burung merpati

FEBRUARY / 2013

22

Venice’s Window


Live Italian Music In The Terrace Cafe yang jinak menyambut kedatangan saya di alunalun ini. Saking jinaknya, mereka rela saja berdiri di atas telapak tangan saat diberi makan jagung pipilan. Beraneka kafe teras khas Italia terlihat di pinggiran alun-alun. Para tamunya sedang menikmati segelas white wine dingin beserta beraneka ragam patisserie. Setiap kafe memasang musik khas Italia, bahkan ada panggung musik live yang mendendangkan musik akustik. Para pelayan kafenya pun terlihat sangat dandy dan klimis, menggunakan seragam putih bersih dan selalu siap tersenyum kepada siapa saja yang lewat, seakan-akan memanggil untuk masuk ke dalam kafe tempat mereka bekerja. Para pelayan tampan tersebut mengingatkan saya kepada kelompok musik kenamaan Il Divo, saya setuju bahwa para pria Italia memang terkenal memiliki karismanya tersendiri.

Restaurant In The Narrow Street

Di lokasi alun-alun ini berdiri megah Basilico di San Marco atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Gereja Markus. Dengan tiket masuk seharga 4 Euro saya melangkahkan kaki masuk ke dalam gereja ini. Arsitekturnya terasa begitu kaya dengan gaya khas Romawi dan gothic. Nafas masyarakat Venesia begitu kental dituangkan dalam lukisan dan ornamen indah mulai pintu masuk sampai seluruh kubah di langit-langit. Di dalam gereja ini

23 FEBRUARY / 2013


QUICK!FACTS Pesta topeng ala Venesia mengandung pesan moral bahwa manusia bisa bergaul dengan siapapun tanpa dibatasi status.

Rialto Bridge juga terdapat sebuah peninggalan tua berupa blok berukuran 1x0,5m yang terbuat dari emas. Di satu sisi blok terdapat gambar ikon para rasul dan di sisi lain nampak gambar wajah Yesus Kristus. Basilica ini sempat terbakar sampai 2 kali pada abad ke-10 karena konstruksi awalnya yang berbahan dasar dari kayu sehingga rawan terhadap api, lantas dibangun kembali pada abad ke-11 hingga bentuknya seperti yang kita kenal sekarang. Jangan lewatkan naik ke puncak menara Gereja Markus ini, terkenal dengan nama Campanile yang berarti tuan rumah. Dari atas menara Campanile terlihat pemandangan panorama kota Venesia dari ketinggian 100 meter. Jika di Lucerne, Swiss terdapat jembatan terkenal bernama The Chapel Bridge yang menghubungkan dua bagian darat di atas sungai Reuss, dan di Praha terdapat The Charles Bridge, maka di Venesia pun terdapat jembatan terkenal bernama Rialto Bridge, jembatan pertama yang dibangun di Venesia dan menghubungkan dua kanal. Area Rialto ini terlihat selalu sibuk. Toko-toko mengisi ruang di sisi sungai dan gondola yang sesekali berlalu menjadi pemandangan yang cukup menyita kekaguman. Bagi Anda yang ingin mengejar waktu membeli FEBRUARY / 2013

24

Venice Mask

Menu Board


buah tangan, di sinilah tempatnya. Bila sudah lelah berjalan mengitari kota, banyak kafe dan restoran yang menawarkan beragam sajian menu khas Italia.

Gondola

Venesia adalah Gondola dan Gondola adalah Venesia, teori tersebut merupakan harga mati. Oleh karena itu hari ini akan saya gunakan untuk mengelilingi kota Venesia dari sisi panorama yang lain yaitu dengan mengendarai Gondola. Gondola adalah sejenis perahu dayung tradisional khas Venesia yang masih memegang peranan penting dalam sistem transportasi umum di sana. Kapal ini digerakkan oleh seseorang yang biasa disebut Gondolier. Konon katanya seorang Gondolier harus lahir di Venesia.

DAY 3

Gondola wajib dicat dengan warna hitam dan terbuat dari 8 jenis kayu yang berbeda. Kapal ini dibuat sedemikian rupa memanjang ke belakang dimana sisi kanan lebih panjang daripada sisi kirinya sebagai syarat penyeimbang berat Gondolier. Diperkirakan ada ribuan Gondola pada abad ke18, tapi sekarang hanya tersisa beberapa ratus dan kebanyakan digunakan untuk tujuan wisata. Mengunjungi Venesia tanpa menikmati Gondola rasanya tidak lengkap. Setelah bernegosiasi dengan

Red Beach in Gozo Island

25 FEBRUARY / 2013


Century 21 Department Store

sang Gondolier, akhirnya harga sewa Gondola ini disepakati di harga 80 Euro atau sekitar Rp 960.000 dengan durasi selama 40 menit. Ok, bring it on! Tradisi Venesia menyatakan bahwa pasangan yang berada di atas Gondola harus berciuman di bawah setiap jembatan sebagai lambang cinta abadi, diiringi oleh suara sang Gondolier tampan yang menyanyikan lagu “O Sole Mio� dengan nada sopran. Situasi seperti ini, hati siapa yang tak meleleh dibuatnya, salah satu alasan mengapa saya menyakinkan Anda bahwa Venesia adalah kota teromantis di dunia. Kiranya alasan tersebut tidak berlebihan bukan? Ibarat kata, wanita mana yang bisa mengelak jika di saat tersebut pasangannya menekuk lutut di hadapan sambil menyodorkan seonggok cincin dan menanyakan, “Will you marry me?� Time to say good bye. Hari ini saatnya saya harus mengucap kata perpisahan kepada Venesia. Rasanya tidak pernah ada kata cukup saat berwisata, terlebih Venesia memiliki semuanya, ya budaya, ya keramahan penduduknya, belum lagi makanan Italia yang delizioso alias enak itu. Suatu saat saya kan kembali, arrivederci Venezia!

DAY 4

FEBRUARY / 2013

26


!

Jika ingin berada di kemeriahan bersama orang lokal Venesia, maka hadirilah pesta topeng tahunan yang biasa diadakan pada bulan Februari selama 10 hari.

Acara tahunan lainnya yang juga menyita perhatian dunia adalah Venice Film Festival, diadakan setiap tahun antara akhir bulan Agustus atau awal September.

TEKS: PIPIET LARASATIE FOTO: GEOFTHEREF, NATHANAEL, MICKSTONE1, DAVID WETHEY, GEM, IAMBENTS, MARKLE1, JOHNEY, CYRISTAL D, JOCELYN KINGHORN, KIWIHAGGER, BOB WALKER PICTORIAL, AMY MCCULLOCH, THE RIGHT THUMB PHOTOGRAPHY

Indiana Jones & Last Crusade, The Tourist, The Talented Mr Ripley, dan Everyone Says I Love You adalah sejumlah ďŹ lm yang pengambilan gambarnya dilakukan di Venesia.

Bahasa nasional resmi adalah Italia. Halo: Ciao/Salve Saya tidak bisa bahasa Italia: (Io) non parlo italiano Terima kasih: Mille grazie Ya: Si Tidak: No Permisi: Permesso Saya minta maaf: Mi dispiache Berapa harganya?: Quanto costa/costano?

FEBRUARY/ /2012 2013 27 27NOVEMBER


Mulai 160 Euro/ malam

Hotel Rialto (www.rialtohotel.com) Hotel berbintang empat yang berada di kaki Rialto Bridge. Sejumlah kamarnya menghadap langsung ke Grand Canal.

Harga minuman di bar dan restoran cenderung mahal, mulai dari 5 Euro. Untungnya biasanya tidak ada cover charge. Acropolis Lungomare G. Marconi, 22 Lido, Venesia Molocinque Via dell’ elettricita, 8 Marghera, Venesia (www.molocinque.it)

an 220 V deng a g ti n ka lo co pi bisa ta t la u b gigi engan d an digunak donesia. In n ka lo co

Mulai

45 Euro/

malam

Villa Dori (www.villadori.com) Terletak di antara Riviera del Brenta dan Venesia. Tersedia shuttle bus untuk mencapai area Piazzale Roma di Venesia.

Alitalia: Jakarta – Roma – Venesia Emirates Air: Jakarta – Dubai –Venesia Qatar Air: Jakarta – Doha – Venesia Ryan Air: maskapai low budget yang juga melayani penerbangan ke Venesia dari beberapa kota besar di Eropa. Gunakan Travel Card yang berlaku mulai 12 jam hingga 7 hari dengan harga mulai 18 Euro. Tanpa Travel Card, tarif transportasi umum adalah sebagai berikut: Water Taxi/Bus: Mulai 7 Euro Ferry: Mulai 4 Euro Menu Venesia tidak terbatas hanya pada pizza dan pasta. Kuliner Italia kaya akan rasa dan ragam. Restoran yang ramai oleh para pendatang, akan menyajikan menu yang disesuaikan untuk lidah konsumen Internasional. Kunjungilah restoran yang mayoritas dikunjungi orang lokal, karena rasanya dijamin lezat dengan cita rasa asli dan harganya pun bukan harga turis.

FEBRUARY / 2013

28

BUDGET Butik lokal: Di sekitar area Campo Santo Stefano dan Calle della Mandola. Topeng Karnaval: Sejumlah toko seperti Venetian Emporium dan Atelier Marega menawarkan topeng indah dan berkualitas. Suvenir: Coba kelilingi Burano Market dan Via Garibaldi Market untuk mendapatkan suvenir khas. Early Summer: Mei-Juli (rekomendasi) Summer: Agustus-Oktober (ramai dengan turis) Winter: November-Januari (kerap terjadi air pasang/ banjir) Provider telepon genggam / SIM Card yang banyak dipakai adalah Vodafone (Ricarica) dan TIM / Telecom Italia Mobile dengan paket mulai 4,90 Euro.

Pesawat Jakarta-Venesia (PP) 650 Euro Visa Schengen 60 Euro Airport Tax Soekarno-Hatta Rp 150.000 Hotel di area Mestre+Sarapan 3 x 40 Euro

Day 1 Private Taxi bandara-hotel Dinner di hotel

45 Euro 30 Euro

Day 2 Tiket Water Bus/Vaporetto(2hari) 20 Euro Lunch 20 Euro Dinner 20 Euro HTM Basilico di San Marco 4 Euro Suvenir 75 Euro Kafe 15 Euro

Day 3 Gondola Ride Sandwich & Fresh Drink Dinner Kafe

80 Euro 10 Euro 20 Euro 15 Euro

Day 4 Private Taxi hotel-bandara

TOTAL *1 Euro = Rp 12.000

45 Euro

Rp 14.898.000


exp lore

FEBRUARY / 2013

30


Magical Jeju Pulau di selatan Korsel yang pesonanya melimpah ruah dari segala sisi.

31 FEBRUARY / 2013


A

da 3 hal yang harus diingat saat mengunjungi Pulau Jeju di Korea Selatan: Samda-do (pulau yang dilimpahi angin, batu, dan wanita), Sammoodo (pulau tanpa pencuri, rampok, dan tanpa pagar di depan rumah), dan Tamna (pulau yang diperintah oleh Kerajaan Tamna selama hampir 500 tahun). Setidaknya pesan itulah yang disampaikan David, pemandu saya selama mengunjungi Korea. Terletak di bagian selatan Korea Selatan, Jeju adalah pulau dengan otoritas pemerintahan khusus. Mungkin seperti “daerah istimewa� di Indonesia. Tercatat lebih dari 1 juta turis menyambangi Jeju selama tahun 2011. Pemerintah setempat bahkan memberlakukan bebas visa bagi 187 negara untuk datang langsung ke Jeju. Sayangnya, Indonesia belum termasuk. Unsur batu dalam Samda-do memang bukan sekedar istilah. Hampir di setiap persimpangan jalan saya melihat Dolharubang, patung batu yang menjadi simbol warga Jeju. Cirinya: mata menonjol, hidung besar, mulut tebal, dan perut buncit. Patung

FEBRUARY / 2013

32

batu ini dianggap sebagai dewa yang melindungi Jeju dengan setia. Sejarah pun mencatat bahwa warga Jeju dulunya melahirkan di atas batu karena batu memang banyak tersebar di pulau vulkanik ini. Meski saat ini menjadi salah satu daerah idaman para turis, sejarah Jeju ternyata menyimpan kisah kelam. Pulau romantis ini dulunya pernah dijadikan lahan buangan para narapidana dari daratan utama Korea. Dinasti Choseon adalah eksekutor bagi sekitar 200 narapidana yang diasingkan di Jeju saat itu. Selama masa penjajahan Jepang, Jeju juga menjadi pusat gerakan anti Jepang yang dipelopori para wanita penyelam lokal (haenyeo). Tercatat 10.000 haenyeo berkumpul dan melakukan aksi protes melawan tirani Jepang di Jeju. Setelah melalui kisah sejarah berliku, Jeju kini adalah lokasi idaman para pensiunan dan wisatawan. Jika Seoul begitu padat dengan hentakan kesibukan, glamor, dan kemegahan, di Jeju segalanya justru berjalan santai dan sederhana. Tekanan biaya hidup yang sangat tinggi telah


Seopjikoji Tekanan biaya hidup yang sangat tinggi telah memaksa penduduk usia lanjut Korea daratan untuk pindah ke Jeju. Itu sebabnya Jeju terlihat nyaman dan yang pasti bebas macet. Waktu telah mengubah Jeju. Menurut David, dulu Jeju bahkan pernah dilanda kelaparan hebat. Maklum, karena 90 % daratan Jeju adalah bebatuan vulkanik. Tapi berkat produksi buah jeruk yang berkualitas, akhirnya Jeju mulai menuai keuntungan. Bisa dibilang buah jeruk adalah salah satu penyelamat Jeju dalam bidang ekonomi. Dalam brosur-brosur wisatanya, perkebunan jeruk sering ditampilkan sebagai salah satu daftar lokasi wisata wajib kunjung di Jeju. Di rumah-rumah makan, menu jus jeruk juga sering menjadi idola para pelanggan dalam melepas dahaga. Tapi Korea tetaplah Korea. Jeju yang jauh dari hingar bingar kota besar pun tak lepas dari atmosfer serial drama dan K-Pop. Di Jeju, beberapa lokasi wisatanya justru tenar karena pernah dijadikan lokasi syuting salah satu serial drama atau ďŹ lm Korea.

Manjanggul Cave 33 FEBRUARY / 2013


QUICK!FACTS Pulau Jeju juga terkenal dengan sebutan “Hawaii if Korea”.

Seopjikoji adalah salah satunya. Tahun 2009, serial drama All in yang mengambil lokasi syuting di sini melambungkan ketenaran sebuah bangunan gereja yang kini diberi nama All in House. Dulunya All in House adalah lokasi syuting serial drama tersebut. Tapi kini bahkan menjadi museum drama Korea. Pusat “keajaiban” Jeju sebetulnya adalah Seonsan Ilchulbong atau dikenal juga dengan Sunrise Peak. Mulai dari tiba di bandara Incheon hingga di Jeju, foto-foto Seonsang Ilchulbong memang tersebar di bandara dan beberapa papan iklan. Tahun 2011 tempat ini resmi menjadi salah satu dari “7 Keajaiban Dunia Baru” bersanding dengan Komodo dari Indonesia. Dari kejauhan, Seonsang Ilchulbong terlihat mirip benteng raksasa yang tersusun kokoh dari pegunungan. Konon 5.000 tahun silam, erupsi dari dasar laut telah menciptakan semacam gunung dan lambat laun juga membentuk semacam savanna di puncaknya yang berbentuk seperti FEBRUARY / 2013

34

mangkuk. Keajaiban alam mempercantik dirinya secara spontan. Kini, selain merupakan maskot Jeju, tempat ini juga menjadi lokasi pilihan pertama pertama para turis untuk berlibur. Perhatian turis juga banyak tersedot ke lokasi ini saat tanggal 1 Januari. Matahari pertama di tahun baru adalah atraksi paling menarik di puncak Seonsang Ilchubong. Jeju membuktikan keajaibannya sekali lagi ketika saya mengunjungi Jusangjeoli. Pertemuan lava dari Gunung Halla dan air laut Jeju yang dingin menciptakan tebing-tebing ajaib dengan batu-batu berbentuk pilar hexagonal (segi enam) sebagai pembatasnya. Batu memang suatu “keajaiban” di Jeju. Benturan kontras 2 alam berbeda telah menciptakan keajaiban arsitektur alam yang khas. Cara menikmati keajaiban Jusangjeoli secara maksimal adalah dengan bersantai di atas yacht yang dikelola oleh Jungmun Marine Park. Dengan tawaran tarif sekitar 60.000 hingga 200.000 Won per

TEKS: YUDASMORO FOTO: YUDASMORO, PARADISEINTHEWORLD

Jusangjeoli


Yacht Tour

Kimchi

Scenery to Nubra

Raw Seafood

TEKS & FOTO: YUDASMORO

orang, saya tak cuma sekedar menikmati arsitektur alam Jusangjeoli, tapi juga bisa berlibur ala Gu Hye Seon dan Lee Min Ho dalam serial Boys Over Flower, So U Jin dan Lee Yeong Gun dalam The Golden Fish, atau Ji Seong dan Lee Wan dalam Sallow the Sun. Betul, Yacht Tour ini juga pernah dijadikan setting untuk drama-drama Korea tersebut.

Seongsan Ilchulbong

Keajaiban Jeju tak hanya sebatas pengakuan dari para turis. Unesco sebagai badan resmi PBB bahkan sudah 3 kali memberikan penghargaan pada pulau ini yaitu UNESCO Biosphere Reserve (2002), UNESCO World Natural Heritage (2007), dan UNESCO Global Geopark (2010). Jadi rasanya tak salah jika 7 Keajaiban Dunia memasukkan Jeju dalam salah satu daftarnya.

35 FEBRUARY / 2013


Young Rinpoche From Spituk Monastry

! Bandara Gimpo, Seoul – Jeju: JinAir, Jeju Air Kereta Seoul – Mokpo: 36.000 won Ferry Busan – Jeju: 39.000 won Ferry Mokpo – Jeju: 25.000 won

Mengunjungi objek-objek wisata di Jeju sebaiknya menghubungi agen perjalanan setempat karena tidak ada bus umum yang mengunjungi lokasilokasi tersebut.

Yeha Guesthouse 561-17, Samdo 1-dong, Jeju-si, Jeju Island Paling direkomendasikan para backpacker dengan harga mulai Rp 230.000 (dormitory) dan Rp 250.000 (private room).

Musim panas adalah musim terbaik untuk menikmati pemandangan alam Jeju yang fantastis. Jeju adalah salah satu lokasi favorit para sineas Korea untuk mengambil lokasi syuting. Bagi para pecinta drama Korea, Jeju adalah tempat terbaik mewujudkan mimpi beraksi seperti Lee Min Ho. Keterangan dan informasi lengkap soal Jeju bisa didapat dari Korean Tourism Organization-Jakarta Office (021-57853030), email: ktojakarta@knto.or.kr

Pesawat Seoul – Jeju PP Bus airport limousine Bus kota Penginapan/malam Makan HTM Seonsang Ilchulbong HTM Jusangjeoli HTM Jungmun Marine Park Yacht Tour *1 won = Rp 10

FEBRUARY / 2013

36

Rp 1.520.000 Rp 20.000 Rp 10.000 Rp 250.000 @Rp 60.000 Rp 20.000 Rp 20.000 Rp 120.000 Rp 600.000


urba n stor y

COFFEE STREET Getting a taste of a local coee culture.

FEBRUARY / 2013

38

I

ni bukan fenomena jalan yang dipenuhi kopi, terbuat dari kopi, ditumbuhi pohon kopi di sepanjang jalan, ataupun sejenisnya. Ini fenomena yang lain, yaitu fenomena yang terjadi di salah satu jalan utama di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, tepatnya di Jl. Gajah Mada. Hal ini bukan sekedar catchphrase, tagline, atau marketing gimmick tanpa dasar.


TEKS: SUTANTO WIJAYA FOTO: SUTANTO WIJAYA, FENDY CHOW

Kalau di malam hari waktu akhir minggu Anda jalan-jalan ke sini, Anda akan melihat sendiri fenomena yang saya maksud. Sepanjang jalan terdapat deretan warung kopi permanen maupun temporer yang kepadatannya sampai “menuh-menuhin bungkusnya”, kalau boleh meminjam tagline salah satu iklan yang dulu sempat terkenal. Keramaian ini bahkan bisa memancing rasa penasaran kaum yang bukan pencinta kopi untuk ikut nongkrong sambil menikmati keramaian kota. Seperti kata Hermawan Kartajaya, Bapak Marketing Indonesia, Starbucks adalah a place to see and to be seen. Jadi “warung kopi” bukanlah sekadar tempat untuk menikmati ramuan kopi, tapi juga melihat dan dilihat orang lain. Di suatu Kamis malam beberapa waktu yang lalu, saya memutuskan untuk mengunjungi Cafe Queen. Kafe ini terletak di lokasi yang sangat strategis, di pojok persimpangan antara Jl. Gajah Mada dengan Jl. Hijas. Di sisi pojok lainnya berdiri Restoran Gajah Mada yang merupakah salah satu restoran paling terkenal di kota ini. Cafe Queen tampak cantik di malam hari dengan efek lampu warna-warninya. Hanya saja, berhubung bukan weekend, malam itu acara “to see and to be seen” cuma bersifat satu arah. Mungkin juga karena pengaruh jam kunjungan saya yang masih terlalu awal bagi para penongkrong warung kopi sejati. Saya merupakan satu-satunya pengunjung saat itu,

jadi hanya saya yang melihat pemandangan kafe dan sekitarnya. Para staf kafe sibuk sendiri dan Jl. Gajah Mada belum terlalu ramai. Tapi dengan begini saya bisa leluasa menikmati suasana kafe dan foto-foto tanpa mengganggu orang lain. Menu yang disediakan kafe ini cukup banyak dan bervariasi, salah satunya adalah sejenis yoghurt yang diklaim tidak tersedia di tempat lain. Selain itu, gedung yang ditempati kafe ini juga merupakan tempat penginapan sekelas hostel atau motel. Jadi bagi mereka yang punya trip singkat ke Pontianak dan ingin menghemat budget, tempat ini mungkin bisa dipertimbangkan. Setelah sibuk seharian, malam hari tinggal turun ke bawah untuk nongkrong dan bersantai di kafe sambil menikmati pemandangan kota. Not a bad idea, right? Setelah selesai menikmati teh susu yang saya pesan, saya pun membayar ke kasir dan mengakhiri coffee street experience saya. Menurut saya, adalah hal yang sangat tepat ketika Pemerintah Kota Pontianak akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan “aset” yang telah dimiliki seperti hal ini untuk memeriahkan pesta ulang tahunnya di dua tahun terakhir, sekaligus sebagai sarana promosi parawisata ke kota ini. Walikota Pontianak, Sutarmiji bahkan sampai diundang ke Jakarta sehubungan dengan acara Coffee Street tahun lalu. Jadi acara seperti ini terbukti menarik perhatian pihak luar. Bagaimana dengan Anda? Tertarik untuk mencoba?

39 FEBRUARY / 2013


advent ure

FEBRUARY / 2013

40


GUNUNG SLAMET

Menantang, Menggoda Expedition to the top summit of Central Java.

41 FEBRUARY / 2013


A

da tiga jalur pendakian utama menuju tanah tertinggi di Jawa Tengah ini. Pertama jalur terpendek, relatif mudah, dan umum dilalui treknya yaitu jalur Bambangan. Kemudian yang kedua adalah jalur Baturraden yang merupakan jalur terpanjang tetapi memiliki pemandangan yang cukup indah. Ketiga adalah jalur Kaliwadas yang merupakan desa tertinggi di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes.

penduduk lokal sebagai pemandu. Kurang lebih 45 menit dari basecamp, saya tiba di Pos 1 yang dikenal oleh warga sekitar dengan nama Tuk Suci (“Tuk� dalam bahasa Indonesia berarti sumber mata air) yang merupakan sumber air pertama dan terakhir di sepanjang rute pendakian, dan di sinilah saya disarankan untuk mengisi cadangan air. Sekedar informasi bagi yang akan melakukan pendakian ke Gunung Slamet, sepanjang perjalanan ke arah puncak tidak akan ditemui sumber air.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman ekspedisi ke Puncak Slamet yang berketinggian 3.432mdpl melalui jalur Kaliwadas yang merupakan jalur pendakian terpanjang kedua setelah jalur Baturraden. Kaliwadas adalah sebuah dusun berketinggian 1.850 mdpl yang terletak di lereng sebelah barat daya Gunung Slamet sekaligus desa terakhir sebelum ke arah rute pendakian. Basecamp Kaliwadas berupa rumah “Bu Haji� (istri dari mbah juru kunci Gunung Slamet). Jika ingin melakukan pendakian, cukup meminta izin ke Bu Haji dan mengisi daftar ekspedisi.

Tidak terlalu lama berjalan dari Pos 1, jalur mulai sedikit menanjak, meski landai tetapi cukup panjang untuk dilalui. Saya melewati lorong-lorong bambu kecil yang biasa disebut penduduk sebagai Pringgodani. Sekitar 30 menit perjalanan dari Tuk Suci, saya menjumpai sebuah pohon besar yang unik, karena terdapat tiga lubang besar di bagian bawahnya. Penduduk sekitar mengenalnya dengan nama Pondok Growong. Tempat ini cocok untuk mendirikan tenda karena tempatnya yang cukup luas.

Jalur menuju trek pendakian cukup membingungkan karena sangat banyak ditemui percabangan, oleh karena itu disarankan bagi pendaki yang baru pertama kali lewat jalur ini untuk mengajak

Selepas Pondok Growong, lintasan kembali landai hingga sampai pada jembatan kecil yang dikenal dengan nama Taman Wlingi di ketinggian 1.953 mdpl. Dari sini saya bertemu persimpangan dan

FEBRUARY / 2013

42


semacam tanaman perdu dengan duri-duri halus di daun dan batangnya. Sebaiknya menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang jika tidak ingin jadi korban sengatan tanaman ini. Sekitar 1 jam perjalanan dari Pondok Growong saya pun tiba di Pos 2 (Anjatan Dawa 1). Satu jam lagi harus dilalui untuk tiba di Pos 3 (Anjatan Dawa 2), tempat yang cukup lapang dan enak untuk melepas lelah. Perjalanan pun dilanjutkan menuju Pos 4, jalur yang dilalui mulai rimbun dengan semak belukar dan pohon-pohon tumbang. Jarak antar kedua pos ini hanya sekitar 30-45 menit, tapi tanjakannya mulai terasa. Kembali memasuki semak belukar dan menembus rimbunnya pepohonan perdu di bawah kanopi hutan sub alpine di kawasan Gunung Slamet ini memberikan kesan tersendiri. Dari Pos 4, lintasan kembali melebar ketika memasuki persimpangan Igir Manis yang berada di ketinggian 2.600 mdpl. Di daerah ini sudah mulai dijumpai tanaman khas pegunungan yang dikenal dengan bunga abadi edelweis (Anaphalis javanica). Dari Pos 5 (Samyang Wenah), perjalanan dilanjutkan menuju kawasan Igir Tjowek yang berada di ketinggian 2.750 mdpl. Igir Tjowek merupakan pos bayangan antara Samyang Wenah dan Plawangan, di sini terjadi pertemuan antara jalur Kaliwadas dan Baturraden. Perjalanan semakin menanjak dengan trek berupa pasir halus dengan tepian berupa semak belukar dan pohon edelweis untuk menuju Pos 6 (Plawangan) yang merupakan batas vegetasi dari kawasan Gunung Slamet. Medan yang dilalui semakin berat, batang kayu tumbang pun semakin banyak dijumpai yang memaksa para pendaki harus merunduk, bahkan merayap.

mengambil jalur kiri untuk menuju puncak. Apabila mengikuti jalan yang lurus dan lebar akan sampai ke Sumur Penganten yang merupakan tempat yang dikeramatkan dan banyak peziarah datang ke sana untuk mencari berkah. Jalur mulai sedikit menanjak tetapi tetap landai ke arah Pos 2. Hati-hati sepanjang perjalanan karena banyak dijumpai pohon tumbang dan ada tanaman penyengat,

Setelah perjalanan hampir 9 jam, saya sampai juga di pos Plawangan yang merupakan gerbang menuju puncak Slamet sekaligus batas vegetasi terakhir. Disarankan untuk bermalam di tempat ini karena ini adalah pos terakhir sebelum puncak. Suhu di Plawangan dapat dikatakan sangat dingin, bahkan dapat membuat tangan dan kaki hampir tak bisa merasakan apapun. Saking dinginnya, di sini ditemukan bunga es yang menempel pada daun-daun tanaman.

43 FEBRUARY / 2013


Dari puncak bayangan, pemandangan kawah telah terlihat dengan jelas, puncak gunung tertinggi di Jawa Barat pun (Gunung Ciremai) terlihat dari sini. Titik tertinggi dari Gunung Slamet ada di sebelah kanan dari puncak bayangan. Saya harus

!

Wajib membawa persediaan air dari bawah karena tidak ada sumber air sepanjang jalur pendakian.

melipir gigir kawah untuk mencapai puncak sejati. Diperlukan keberanian dan kehati-hatian ekstra, di sebelah kiri menghujam ke bawah kawah yang dalam, sebelah kanan adalah sisi gunung yang bila tidak berhati-hati bisa terguling. Ditambah lagi angin yang yang berhembus makin kencang membuat perjalanan pun makin menantang. Sekitar 15 menit saya pun tiba di titik tetinggi di Jawa Tengah, menikmati kemenangan atas tantangan dari Gunung Slamet.

Kendaraan Pribadi (Mobil/Motor): Jakarta – jalan tol arah Bogor – keluar tol Gadog ke arah PuncakBandung – 7,6 km dari arah Puncak ada pertigaan setelah Outlet DSE, belok kanan mengikuti petunjuk ke Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango – pintu gerbang Cibodas Angkutan Umum: Bus Jakarta-Bandung yang melewati Puncak – turun di Cibodas – Angkot kuning ke arah Taman Nasional Gede Pangrango

Sebaiknya bermalam di Plawangan sebelum summit attack untuk mengisi tenaga. Bawa masker untuk menghindari gas belerang yang menyengat. Tidak diperbolehkan berada di puncak lebih dari pukul 10.00 pagi, pukul 9.00 harus sudah turun dari puncak untuk mencegah menghirup gas berat dari kawah.

FEBRUARY / 2013

44

Materai Rp 6.000 Pendaftaran + Asuransi Rp 4.500 HTM Air Terjun Cibeureum Rp 2.500 Bus Jakarta-Cibodas PP Rp 30.000 Angkot TNGP PP Rp 6.000 Konsumsi Rp 30.000

TEKS & FOTO: RIZKI PRADANA

Trek menuju puncak dari Plawangan adalah kerikil dan batuan vulkanik. Cukup berat trek yang harus dilalaui, tanpa adanya vegetasi yang membuat terpaan angin yang dingin makin menusuk tulang. Batuan longsor akibat pijakan kaki pun mulai berhamburan, membuat perjalanan harus lebih hati-hati dan waspada. Lintasan pun semakin menanjak dengan sudut pendakian 60-50O ditemani aroma belerang yang makin menyengat. Pendaki tidak boleh terlalu lama berhenti karena sangat berbahaya bila terlalu lama terhirup.


edit or’s list

3

ROMANTIC QUEENSTOWN MEALS

Februari, bulan yang identik dengan suasana romantis ala Valentine, telah tiba. Sudahkah anda merencanakan kegiatan bersama pasangan Anda? Bagaimana jika mengajak mereka untuk makan bersama dalam suasana yang tak terlupakan? Simak tiga ide dinner dan lunch romantis di Queenstown, New Zealand, yang dapat Anda sesuaikan dengan isi dompet. FEBRUARY / 2013

46


47 FEBRUARY / 2013


Budget Experience:

Lunch on the Edge of Lake Wakatipu Q

ueenstown sebagai tujuan wisata terkenal di New Zealand, menawarkan banyak hal untuk dieksplorasi. Lake Wakatipu salah satunya. Makan siang bersama pasangan di pinggir danau terbesar ketiga ini akan lebih bermakna karena kisah legenda romantis Maori, penduduk asli New Zealand. Anda bisa menyiapkan bekal terlebih dahulu sebelum berpiknik ke tempat ini. Makanan dan minuman dapat dibeli di restoran atau toko yang tersebar di dalam kota. Setelah itu, Anda bisa berjalan kaki ke arah danau untuk mendapatkan spot yang menarik. Tersedia kursi-kursi untuk Anda dan pasangan sepanjang esplanade sambil memandang The Remarkables, a.k.a The Misty Mountains-nya ďŹ lm The Hobbit dan The Lord of The Rings. Lake Esplanade Picnic Area juga dapat menjadi tujuan utama. Walau terdapat picnic table, coba bawa picnic mat dan kursi pantai supaya lebih bebas. Di sini juga tersedia alat barbeque yang bebas dipakai.

FEBRUARY / 2013

48

Lake Esplanade, Queenstown Jam buka: Sepanjang hari Harga: Makanan & minuman bisa dibawa sendiri, tidak ada tiket masuk


Classy experience:

Dinner in Skyline Restaurant P engalaman Anda akan dimulai dengan menaiki scenic gondola, yang akan membawa penumpangnya sampai ke ketinggian 450 m di atas kota Queenstown. Di sepanjang perjalanan, Anda akan menyaksikan keanggunan Lake Wakatipu dan kegagahan pegunungan bersalju di kejauhan. Sesampainya di Bob’s Peak, tempat Skyline Restaurant berada, Anda dapat menikmati buffet dinner “Taste of New Zealand”. Ada lima pilihan waktu untuk santap malam di restoran ini: 18.00, 18.30, 20.15, 20.30, dan 20.45. Pastikan untuk membuat reservasi terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya untuk memastikan ketersediaan tempat. Setelah menyelesaikan makan malam, Anda bisa mengitari kompleks Skyline Gondola dan melihat pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian.

www.skyline.co.nz Dinner Time: 18.00, 18.30, 20.15, 20.30, dan 20.45 Harga: Mulai NZD 63,85/orang (Buffet + Gondola Ride PP)

49 FEBRUARY / 2013


Luxury experience:

Lunch on top of a Mountain ika ingin pengalaman yang lain daripada yang lain, cobalah untuk berpiknik di puncak gunung yang hanya bisa dicapai dengan helikopter. Terbanglah bersama pasangan Anda melewati danau yang jernih, sungai yang berkelok-kelok, hutan asli New Zealand, penambangan emas kuno, dan pertanian serta peternakan di daerah pedalaman. Hirup dan nikmati udara segar khas pegunungan sesampainya di lokasi yang dituju. Tidak usah repot-repot memikirkan makanan dan minuman apa yang harus dibawa karena makan siang sudah ditawarkan satu paket dengan scenic ight yang Anda ambil. www.newzealand.com/int/scenic-ights Jam buka: sesuai perjanjian Harga: Mulai NZD 520/orang

FEBRUARY / 2013

50

TEKS: PIPIET LARASATIE FOTO: BESTPLACEVACATION, BRULENCE

J


ROMANTIC SETTING FOR A MEMORABLE CELEBRATION Metis Bali akan menjadi bagian dari kisah romantis tak terlupakan yang pernah Anda alami.

TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: DOK. METIS BALI

M

etis Bali Restaurant merupakan nama yang cukup terkenal di dunia ďŹ ne dining di kota Bali dan sepanjang daerah Seminyak pada khususnya. Mungkin tempat ini terlihat sama seperti tempat makan romantis lainnya yang banyak tersebar di pulau ini, tapi Metis Bali Restaurant akan menyentuh langsung ke hati Anda dan pasangan dengan anggunnya pemandangan yang disajikan di sekitarnya. Dengan suasana yang jauh dari hingar bingar dan kesan kasual dan hangat, Metis Bali Restaurant akan merengkuh Anda berdua dengan pasangan dalam keromantisannya. Setiap sudut yang ada disini nampak diberi sentuhan yang hangat, dari area bar, lounge, sampai sebuah private area yang sangat romantis. Ketika malam tiba, Anda dan pasangan akan ditemani dengan cahaya lilin dan suara alam Seminyak yang damai dan menenangkan. Jejeran sofa empuk nan nyaman akan menemani waktu Anda mengobrol dengan pasangan, ditemani dengan suguhan hidangan lezat buah tangan koki internasional yang ternama. Waktu yang

Anda habiskan di Metis Bali Restaurant ini akan terasa sangat manis. The Bale merupakan private area yang disediakan oleh Metis Bali Restaurant bagi pasangan yang sedang jatuh cinta. Makan malam bedua di tengah kolam lotus dan bunga lili serta hamparan sawah yang mengitarinya, sudah dipastikan akan menjadi salah satu momen paling romantis. Suguhan simfoni alam akan menemani Anda ketika menyatakan perasaan Anda terhadap pasangan, sebuah paket istimewa yang romantis yang ditawarkan oleh tempat ini. Metis Bali Restaurant Jl. Petitenget 6 Kerobokan, Seminyak Bali, Indonesia T: +62 361 847 5481 W: www.metisbali.com

51 FEBRUARY / 2013


logb ook : sho p

A DASH OF VINTAGE Nuansa masa lampau di dalam butik muslim yang modern.

H

omey, itulah kesan pertama ketika saya memasuki Cliquemates and Friends, sebuah butik mungil di kawasan Halmahera 1 no.16, Semarang. Meskipun tempatnya tidak begitu luas, butik ini berhasil ditata apik oleh kedua pemiliknya. Kesukaan mereka akan warna putih dan bungabunga ditumpahkan ke dalam interior butik yang menjual produk muslim yang chic dan trendi.

Friends Boutique. Bukan tanpa alasan kalau mereka memilih furniture secondhand, itu semua karena kecintaan mereka akan segala hal yang berbau vintage, sehingga butik mereka pun diberi sentuhan yang sama. “Supaya tidak terlalu jadul dan ‘dingin’, sengaja ditempatkan beberapa bunga dan rumput buatan agar bersatu dengan warna putih yang mendominasi,” tambah Mesti.

Semua interior di butik ini dikreasikan mereka berdua dari furnitur secondhand yang masih bagus. “Kursi bunga-bunga ini dulu punya eyang yang kami rekondisi menjadi seperti ini,” tutur Padmasari Mestikajati, pemilik Cliquemates and

Alasan utama kenapa kita harus berkunjung ke butik ini ketika mampir ke kota Semarang, selain tempatnya yang nyaman, juga karena Cliquemates and Friends Boutique dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berbelanja produk muslim yang tidak

FEBRUARY / 2013

52


TEKS: RANI NELASARI FOTO: DOK. CLIQUEMATES

pasaran. Selain menjual produk dengan label Cliquemates, butik yang selalu wangi ini menjual produk-produk muslim lain dari beberapa merek lokal Semarang. Jadi bisa dipastikan produk di sini sulit ditemukan di butik atau di kota lain. “Style yang kita sajikan di sini enggak mengikuti tren yang sedang marak, tapi kami berusaha menciptakan tren tersendiri supaya tidak membosankan dan pasaran,� ujar Rani Nelasari yang bertugas menjadi creative director Cliquemates. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak belanja atau sekedar mampir di butik yang berasa seperti di rumah sendiri ini.

Cliquemates And Friends Jalan Halmahera 1 no.16 Semarang T: 081901808787 E: contact@clique-mates.com W: www,clique-mates.com Twitter: @cliquemates 10.00-20.00

53 FEBRUARY / 2013


logb ook : stay

THE GREEN ATTITUDE

Rumah Turi Solo menghidupkan sisi melankolisnya terhadap hijaunya alam.

R

umah Turi bisa dibilang menjadi salah satu hotel yang memberikan penghargaan terhadap kelestarian alam. Dengan mengangkat tema “green� boutique hotel, asrinya alam nampak dijadikan menjadi elemen utama dalam desain arsitekturnya. Hotel ini bukan jenis hotel dengan bangunan bertingkat yang megah dan mewah. Justru sebaliknya, Rumah Turi dibangun dengan bentuk yang sederhana. Bayangkan sebuah tempat yang rindang dengan bunyi gemericik air yang sangat menenangkan. Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan yang timbul ketika masuk ke Rumah Turi. Berada di pusat kota Solo yang strategis namun tetap bisa terhindar dari kebisingan lalu lintas kota ini, Rumah Turi merupakan pilihan tepat bagi Anda FEBRUARY AUGUST //2012 2013

54

Terdapat sekitar 18 kamar di Rumah Turi yang masing-masing dibuat sedemikian rupa sehingga para tamu yang menginap akan merasa seperti di rumah. Rumah Turi memang ingin membuat para tamunya nyaman dengan membuat sebuah nuansa yang berhubungan dengan kehangatan, alam, serta kesenian setempat, sehingga setiap tamu yang pernah menginap di sini bisa membawa pulang kehangatan dan perasaan yang tenang serta segar. Ada sebuah area yang menarik di lantai dua hotel ini, sebuah area tempat Anda bisa duduk santai dan menikmati udara Solo yang asri. Area ini akan membuat Anda merasa seperti sedang berada di beranda rumah. Rumah Turi sepertinya berhasil

TEKS & FOTO: WILMA HARTYANDARI

untuk menginap apabila bertandang ke Solo. Para pegawainya yang hangat dan ramah akan menyambut Anda, kesigapan mereka melayani semua kebutuhan para tamunya membuat hotel ini semakin lengkap. Yang membuat Rumah Turi semakin menarik adalah banyaknya acara yang mengangkat kesenian tradisional setempat, dari pertunjukan tari tradisional sampai menghadirkan para pelukis batik lokal untuk menunjukkan kepiawaian mereka melukis batik.


itu akan menimbulkan sebuah perasaan yang sulit digambarkan. Hal sederhana yang memberikan perbedaan luar biasa. Rumah Turi akan menyentuh sisi personal Anda, mengemas semua pelayanan dan fasilitasnya dengan sangat manis. Kesederhanaan dan tema eco-friendly yang diangkat justru membuat Rumah Turi menjadi hotel yang sempurna. Jarang sekali Anda bisa menemukan hotel dengan nuansa kehangatan yang berhasil diciptakan oleh Rumah Turi. Di sini Anda bisa membawa pulang cerita menarik tentang kesenian lokal maupun ceritacerita menarik dari para tamu lainnya yang menginap di sini, Duduklah di coee shop hotel ini dan Anda dapat langsung bercengkrama dengan pegawai hotel maupun para tamu lainnya tanpa merasa canggung.

memberikan suasana rumah walaupun Anda sedang berada jauh dari rumah. Ada delapan buah kamar di Rumah Turi yang memiliki indoor garden. Taman kecil yang terdapat tersebut membuat suasana kamar terasa berbeda ketika Anda membuka mata dari tidur. Mendapati sebuah pemandangan hijau seperti

Internet Access Rejuvenation Spa Treatment Javanese Traditional Massages Rumah Turi Hotel Jl. Srigading II no. 12 Turisari Solo 57139, Central Java Indonesia T: +62 271 736606 E: info@rumah-turi.com W: www.rumah-turi.com

Mulai

Rp 800.000 per malam

AUGUST //2012 2013 55 FEBRUARY


logb ook : dine

Not Just An Ordinary Next Door Food

Next Door Deli hadir dengan segala kesederhanaan untuk mengisi perut para tamunya dengan kebahagiaan.

D

i salah satu sudut kota Singapura, hadir sebuah tempat makan yang menyajikan kesederhanaan yang dekat di hati para penduduk sekitar. Tepatnya di daerah Ang Mo Kio, Next Door Deli membuat para penduduk setempat bisa menikmati hidangan makanan yang lezat dengan suasana yang orisinal dan menenangkan. Daya tarik utama tempat ini mungkin adalah justru kesederhanaan yang ditonjolkan lewat suasana yang mereka tawarkan. Bergaya old school, Next Door Deli nampak ingin menyampaikan sebuah pesan bahwa makanan-makanan Asia tidak kalah lezatnya dengan makanan-makanan Amerika. Tentunya disertai dengan kemasan yang menarik. Rasanya seperti sedang menyantap makanan di sebuah kedai milik Ikea, wajar saja, karena sebagian besar perabotan yang mengisi tempat makan berukuran tidak terlalu besar memang sengaja didapat dari salah satu toko furnitur terbesar di Asia itu. Kursi-kursi kayu nampak manis diletakan di atas rumput sintetis di bagian depan tempat makan ini. Di dalam, suasana terasa semakin old school karena pemilik menggantung beberapa lampu model lama di sisi tembok dan langit-langit. Dikombinasikan FEBRUARY / 2013

56


kentang tumbuk, menu ini memang cocok menjadi favorit. Wok-fried Mee Siam merupakan salah satu menu lokal yang juga bisa ditemui di sini. Mie goreng ini juga tidak kalah menggugah selera, potongan telur, fried ďŹ sh cake, dan potongan ayam panggang menemani mie goreng tersebut. Satu yang saya suka dengan cara penyajian makanan di sini adalah semuanya begitu tertata rapih di satu piring dan warna-warnanya yang segar membuatnya semakin menarik.

TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: DOK. NEXT DOOR DELI

Pada bagian menu pencuci mulut, Sea-salt Brownie Popsicle with Ice Cream akan memberikan rasa baru di indera perasa Anda. Satu lagi menu pencuci mulut yang terkenal dari Next Door Deli adalah Baked Cheesecake mereka, cheese cake sederhana dengan rasa orisinal yang akan membuat hati nyaman dan senang.

dengan kursi-kursi berbahan metal dan meja-meja plastik berwarna putih sungguh menonjolkan sifat humble dari tempat ini. Salah satu menu makanan utama di tempat ini adalah Crispy Grilled Chicken Steak, penyajiannya terlihat menarik, warna-warna yang tersaji di piring nampak mengundang selera makan. Dada ayam tanpa tulang ini dimasak dengan cara yang sederhana, hanya diberi bumbu dasar supaya tidak merusak rasanya sendiri. Setelah dipanggang pun terlihat juicy, namun kulitnya tetap renyah. Ditemani dengan rebusan sayuran segar dan

Next Door Deli Ang Mo Kio Ave 10, Block 529 #01-2369 Singapore 56029 T: +65 6458 6180 W: www.nddeli.com 1 - 10 SGD

10.00 – 22.00pm Simple and comfort food, with simple price. No frill, only in the hood.

57 FEBRUARY / 2013


uniq ue lodg e

Trippy Bubbly Bungalow J The Museumotel di Perancis memberikan petualangan trippy yang berbeda di sembilan bubble bungalow-nya.

ika Anda bosan dengan bangunan solid dan minimalis yang cenderung membosankan, The Museumotel di Perancis memberikan sebuah pengalaman yang unik dan tidak bisa didapatkan di tempat lainnya. Dibangun sekitar tahun 1967 di sebuah pulau yang tersembunyi di antara jajaran gunung di daerah Vosges, Perancis, oleh seorang arsitek terkenal, Pascal Hausermann. Sebuah kompleks properti unik dengan motel, museum, gedung pameran, serta kafe dengan suasana alam sekitar yang menenangkan. Kesembilan bungalo tersebut berada di tengah-tengah dua aliran sungai, yang tentu saja menambah keunikan dari The Museumotel, membawa para tamunya ke sebuah dimensi lain. Sejak tahun 2007, The Museumotel semakin memantapkan bungalonya menjadi hotel dengan desain yang orisinal dan mudah untuk diakses oleh para tamunya. Desainnya yang memang unik ini mengangkat suasana pada tahun 1968, saat tahun tersebut kultur pop sedang jaya-jayanya. Taman yang mengelilingi The Museumotel dipenuhi dengan tanaman bambu serta diberikan sentuhan

FEBRUARY / 2013

58


Mulai

70 Euro

TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: DOK. THE MUSEUMOTEL

per malam sejarah dengan meletakan sebuah patung pahatan dari tahun 1920. Menilik tema-tema desain yang tersedia di masingmasing bungalo, The Museumotel menyediakan tema-tema desain yang menarik. Salah satu bungalonya yang bertemakan “Love”, dipenuhi dengan warna-warna merah hati dengan motif-motif trippy yang unik. “Zen” merupakan salah satu desain yang dibuat supaya para tamu yang menginap di bungalo ini merasakan keseimbangan dari unsurunsur alam. Warna-warna alam serta elemen-elemen yang diambil dari alam memenuhi sudut bungalo dengan tema ini. Tidak lupa bungalo dengan tema “Pop Art” juga dapat ditemukan, berbagai gambar peace sign menghiasi tembok bungalo ini. Welcome to the bubbles island!

Museum Exhibition Hall Concert Hall Café Garden Free Internet The Museumotel Hauserman Ile St Jean-Baptiste Demenge 88110 Raon-Step France T: +33 329 50 48 81 W: www.museumotel.com

59 FEBRUARY / 2013


tech gee k

THE REAL

POCKET HA

$ 29R9G, A: 99 (asia.c ne t.com)

Ukuran kompak dan fitur menarik menjadi keunggulan pocket camera yang satu ini.

Bukan hanya ukurannya yang membuatnya berbeda, sistem pengambilan gambarnya pun unik. Jika kamera lain memiliki tombol shutter untuk mengambil gambar, PowerShot N memiliki dual control ring yang melingkari lensa di bagian depan. Lingkaran luar berperan sebagai shutter sementara lingkaran dalam digunakan untuk zoom. Ukuran kompaknya tidak membuatnya miskin fitur.

FEBRUARY / 2013

60

PowerShot N dibuat untuk pasar pecinta jejaring sosial. Dengan WiFi yang terintegrasi di dalamnya dan Mobile Device Connect Button, PowerShot N dapat terhubung dengan mudah dan menaikkan foto dan video Anda langsung ke situs seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan lainnya. Dalam fitur lain berupa mode Creative Shot, foto yang Anda ambil otomatis diproses dengan lima versi efek khusus yang berbeda tanpa perlu diutak-atik lagi. Spesifikasi lainnya termasuk 12,1 MP HighSensitivity CMOS, 8x Optical Zoom, kemampuan merekam video 1080p HD, dan layar sentuh yang dapat diatur kemiringannya sehingga mengambil gambar menjadi lebih mudah. PowerShot N tersedia dengan pilihan warna hitam dan putih. Di Amerika, kamera ini bisa dibeli mulai bulan April mendatang.

TEKS: CITA ARSITA FARANI

Di tengah tren gadget yang mengunggulkan ukuran yang semakin kompak, Canon PowerShot N turut meramaikan pasar dan sukses menarik perhatian. Dimensinya yang tidak biasa untuk sebuah kamera pocket, yaitu 78,6 x 60,2 x 29,3 mm, cenderung berbentuk bujur sangkar dan membuatnya mudah dibawa. Sepertinya wanita dengan celana skinny jeans sekalipun dapat mengantungkannya!


Swiss-Belhotel Manokwari

Grand Swiss-Belhotel Medan

Swiss-Belhotel Rainforest, Kuta

THE MOST PREFERRED HOTELS THROUGHOUT INDONESIA

Swiss-Belhotel Borneo Samarinda

Arion Swiss-Belhotel Kemang

Swiss-Belhotel Silae Palu

Book Online! at www.swiss-belhotel.com and Get Special Deals at Our fine 4 and 5 star Hotels in Indonesia Ambon • Balikpapan • Bandung • Banjarmasin • Batam • Jakarta • Jayapura • Jimbaran • Kendari • Kuta • Manado • Manokwari • Medan • Merauke • Nusa Dua Palangka Raya • Palu • Samarinda • Semarang • Tarakan • Bangka (2014) • Bintan (2013) • Bogor (2015) • Cirebon (2013) • Jambi (2014) • Labuan Bajo (2014) Palembang (2014) • Petitenget (2013) • Pontianak (2014) • Purwokerto (2015) • Tangerang (2013) •Tuban (2014) • Yogyakarta (2014)


gamees & list gam & list enen

S

Membantu puding bersatu untuk kabur dari manusia yang akan memakan mereka.

Rating:

etelah menyaksikan sebagian teman mereka dilahap oleh manusia, para puding memutuskan untuk kabur sekaligus menyelamatkan teman-teman yang lain. Peran Anda adalah membantu menggerakkan mereka agar dapat bersatu dan melipatgandakan ukuran mereka demi mengalahkan para manusia. Ingat bahwa tubuh puding yang licin akan membuat mereka terlempar jika tidak ada tempat untuk bersandar atau

bantuan dari puding lainnya. Namun secara keseluruhan permainan ini tidak terlalu sulit hingga cocok untuk dimainkan di waktu senggang. Berawal dari dalam kulkas dan bergerak ke luar rumah, total ada 75 level yang harus Anda lewati, dengan berbagai tantangan seperti karakteristik puding yang berbedabeda hingga rintangan yang dapat menggandakan puding yang melewatinya. Akankah para puding sukses dalam misi mereka?

FREE

Android $ 0,89 (Android HD) $ 0,99 (iTunes)

Heartthrob Artis: Tegan And Sara Rilis: 2013

B Tegan And Sara kembali dengan karakter yang lebih kuat dari sebelumnya

Rating:

FEBRUARY / 2013

62

utuh sekitar sepuluh lagu bagi kembar identik Tegan dan Sara untuk mendefinisikan posisi baru mereka di dalam dunia musik dengan naungan bendera indie rock. Sejak album debut mereka pada tahun 1999 silam, duet ini nampak menunjukkan keseriusannya menerjuni dunia musik, terbukti lewat enam album terdahulu yang selalu berkembang menunjukan keahlian mereka memainkan alat musik dan menciptakan lagu-lagu sendiri. Kehadiran mereka di dunia indie

rock memberikan sentuhan dan pembaharuan yang menyegarkan lewat karya-karya musik mereka. Kini, “Heartthrob� hadir sebagai pembuktian keeksisan mereka. Dari segi teknik bermusik, kakak beradik ini terasa semakin kuat. Mereka berdua menciptakan sepuluh lagu yang sangat padat, mungkin di situ kekuatan mereka, saling mengisi kekurangan masing-masing. Setiap lagu di album ini masih mengangkat kisah-kisah patah hati namun tetap menguatkan pendengarnya.


sce ne & read

The Ages of Love Sutradara: Giovanni Veronesi Pemain: Robert De Niro, Monica Bellucci, Riccardo Scarmacio, Michele Placido Durasi: 125 menit

A

nthology movie atau yang biasa disebut dengan omnibus movie merupakan rentetan beberapa cerita pendek dalam satu film. Tidak jarang rentetan cerita pendek yang ada dalam satu film tersebut memiliki hubungan satu sama lain. Sebuah drama cinta dengan flow yang terbilang cukup ringan, “The Ages of Love” merupakan sebuah film yang menceritakan tentang tiga pria yang berbeda umur dan latar belakang. Roberto, seorang pengacara muda sukses penuh ambisi yang akan segera menikah, seketika hidupnya

menjadi rumit ketika bertemu seorang wanita muda yang provokatif dan penuh semangat. Kemudian ada Fabio, pembawa berita paruh baya yang sukses dengan kehidupan rumah tangga yang menyenangkan selama 25 tahun, namun langsung terombang-ambing karena hubungan satu malam bersama Eliana. Adrian, profesor sejarah seni Amerika yang baru pindah ke Roma setelah perceraiannya, namun putri pemilik apartemen yang dia tinggali menghidupkan kembali gelora asmara di dalam jiwanya.

Budget Travelling: Kuala Lumpur

TEKS: CITA ARSITA FARANI, WILMA HARTYANDARI

Penerbit: Budi Sulistyo Penerbit: Elex Media Komputindo Harga: Rp 44.800

B

uku “Budget Travelling: Kuala Lumpur” hadir untuk menemani perjalanan Anda ke Kuala Lumpur. Budi Sulistyo sebagai penulis mengemas semua informasi yang dibutuhkan oleh pelancong apabila mereka ingin menjadikan Kuala Lumpur sebagai destinasi liburan. Cara penulisannya yang tidak rumit membuat buku ini mudah untuk dimengerti oleh pembaca, semua informasinya dikemas secara cermat dan detail. Selain informasi, buku ini juga

memberikan banyak kiat yang bisa dilakukan supaya waktu Anda ketika di Kuala Lumpur menyenangkan. Budi Sulistyo membahas secara detail tentang beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti persiapan melakukan perjalanan, mengenal sarana transportasi yang dapat digunakan, tempat wisata dan belanja di Kuala Lumpur dan sekitarnya, daftar hotel yang beranggaran murah, makanan dan minuman khas, dan masih banyak informasi lainnya.

63 FEBRUARY / 2013


travel note s

FEBRUARY AUGUST //2012 2013

64


Balap Penyu di

Pantai Kuta Mengantar bayi-bayi penyu menuju dunia baru mereka

AUGUST / /2012 2013 65 FEBRUARY


T

ak cuma sapi yang punya ajang beradu di Karapan Sapi atau kuda di ajang pacuan. Di pantai Kuta, Bali, saya justru ikut antri dengan deretan turis yang sebagian besar adalah turis bule untuk turut dalam ajang balapan yang disebut dengan Baby Turtle Race. Bukan seperti ajang balapan biasa, balapan bayi penyu atau tukik ini adalah bagian dari program konservasi Bali Sea Turtle Society (BSTS) yang markasnya berlokasi di pantai Kuta. Poskonya memang sederhana, tapi tempat penangkarannya cukup membuat saya tergoda untuk foto-foto karena berbentuk seperti penyu raksasa. I Wayan Wiryadnyana adalah sosok di balik BSTS. Kegigihannya dalam usaha konservasi penyu di Bali FEBRUARY / 2013

66

selama bertahun-tahun akhirnya berbuah berdirinya BSTS pada tanggal 29 Juni 2011 dengan dukungan penuh dari Humane Society Australia. Dengan dibantu tiga orang staf, delapan relawan, dan seorang penjaga pantai bernama Agung yang akrab disapa Mr. Turtle, BSTS berhasil menggalang perhatian warga lokal dan turis yang sedang asyik bermain di pantai Kuta. Ajakan untuk menyelamatkan penyu mereka bak gayung bersambut. Saat saya datang, relawan setempat dengan senang hati membantu saya dengan informasi dan melihat tukik yang baru saja menetas. Jangan berharap melihat relawan yang berseragam dari kalangan orang dewasa. Wayan tak menetapkan batasan kriteria untuk


menajdi relawan, yang penting mau peduli untuk melestarikan penyu. Wajar saja saat saya datang, relawan yang menyambut saya adalah anak-anak bule yang atraktif. Mereka membagikan brosur dan token untuk ikut berpartisipasi dalam ajang pelepasan tukik ke laut. Wayan memang tak ingin program konservasinya berjalan biasa-biasa saja. Dengan ide yang atraktif, Wayan menciptakan lomba balapan tukik saat melepaskan tukik ke laut. Cukup menarik perhatian turis, terutama turis asing. Sayangnya, turis lokal tampaknya tidak tertarik dengan acara yang digarap BSTS ini. Menurut Wayan, Baby Turtle Race sendiri tidak memiliki jadwal pasti karena tergantung dari musim juga. Acara digelar pada pukul 16.45 hingga selesai. Biasanya di Kuta musim penyu bertelur adalah dari bulan Maret hingga September, dengan Juni dan Juli

QUICK!FACTS Dari ratusan telur yang dihasilkan penyu betina, biasanya hanya belasan tukik saja yang berhasil hidup di laut.

67 FEBRUARY / 2013


QUICK!FACTS Batik Pekalongan terkenal dengan variasi warna dan pola yang bebas serta menarik.

sebagai puncaknya. Jumlah telur yang diselamatkan pun bervariasi. Tapi tahun 2012 dijelaskan Wayan sebagai tahun terbaik penyelamatan telur penyu. Jumlahnya mencapai 12.000 butir sampai dengan bulan September. Tantangan terberat dalam pelestarian penyu menurut Wayan adalah mengatasi predator utama yaitu manusia. Seringkali penyu yang merapat di pantai Kuta untuk bertelur justru diganggu dan dirampas telurnya. Sebagian masyarakat Bali juga masih menggunakan daging penyu untuk kepentingan adat meski para pemuka adat sudah menegaskan bahwa tak harus selalu menggunakan daging penyu. Di tahun 1999 tercatat sekitar 9.000 butir telur diperdagangkan di Bali dalam waktu empat bulan. Selain daging dan telurnya, tempurung penyu juga diincar para pemburunya. Tak heran populasi penyu Bali kini kian berkurang. Tapi di Kuta, bersama BSTS secercah harapan itu kian meyakinkan saya soal keberhasilan konservasi FEBRUARY / 2013

68


penyu. Wayan dan Mr. Turtle telah melahirkan sesuatu yang inovatif. Mereka bersama para relawan ciliknya telah mengemas konservasi ini sebagai sesuatu yang atraktif. Tak ada paksaan donasi dan penyuluhan yang membosankan. Di penangkaran berbentuk penyu raksasa ini mereka menarik perhatian turis dengan lomba pelepasan penyu yang disertai hadiah. Siapa saja boleh ikut. Tua, muda, anakanak, wanita, dan pria. Wayan, Mr. Turtle, dan pasukan relawannya tetap optimis. Terbukti dari datanya yang menyebutkan

bahwa lebih dari 50% telur-telur penyu yang diselamatkan adalah hasil dari informasi warga setempat. Yudasmoro Yudasmoro.m@gmail.com getaway! menerima cerita perjalananmu. Kirim tulisan sekitar 400 kata dengan foto resolusi tinggi (300px) serta keterangannya ke getawaymagz@gmail.com

69 FEBRUARY / 2013


love trib e indo & cult nesure ia

FEBRUARY AUGUST //2012 2013

70


Wayang Kaum Urban Meleburkan tradisi dengan dunia modern dalam pentas yang memukau.

AUGUST / /2012 2013 71 FEBRUARY


anang Hape adalah salah satu sosok dalang yang memupus bayangan saya soal dunia wayang. Kesan tradisi dan kuno yang biasanya melekat perlahan luntur oleh dalang kelahiran Ponorogo ini. Nanang Hape memang masih tergolong muda jika dibanding dalang-dalang senior lain yang sudah tenar. Tapi pengetahuannya tentang wayang tak perlu saya ragukan. Nama Wayang Urban besutan Nanang Hape adalah salah satu buktinya. Saat Wayang Urban menggelar pentas “Sintamu Sintaku” di Gedung Kesenian Jakarta, tak ada kesan kuno yang saya lihat. “Sintamu Sintaku” memberikan pelajaran pada penonton bahwa wayang adalah pentas milik semua orang. Anak muda di sudut kota besar pun berhak menikmati penggalan epos Ramayana ini. Tidak seperti wayang tradisional yang kini mulai pudar di mata anak muda, Wayang Urban menggabungkan berbagai jenis pentas seni. Ada teater, musik dan tari. Tiga orang pemuda muncul di atas panggung. Mereka tidak memainkan wayang, tapi berdialog FEBRUARY / 2013

72

layaknya pentas dagelan. Mereka memerankan Punawakan: Gareng, Bagong, dan Petruk. Tapi jangan mengira ini Punakawan versi wayang tradisi yang mengenakan aksesoris dan make up ala wayang orang. Punakawan Wayang Urban tampil kasual, sederhana, dan cuek. Mereka menggunakan bahasa Indonesia dengan logat Jawa yang kental. Nanang Hape sesekali mengambil peran melantunkan tembang yang diciptakannya sendiri. “Saya belajar teater, musik, dan tari di kampung saya sendiri. Lingkungan saya adalah seniman,” akunya. Seperangkat karawitan Jawa dan layar wayang kulit tersedia di sebelah kiri panggung, sementara alat band lengkap dengan musisinya ada di kanan. Mereka bersahut-sahutan memainkan instrumen. Beberapa tembang bahkan terdengar cadas meski diselingi alunan gending Jawa. Nanang ingin melebur sekat antara tradisi dan modern. “Sintamu Sintaku” tidak terlelap dalam skenario tradisi. Kisah cinta Rama dan Sinta ini diangkat menjadi lintas generasi. Dilema cinta diterjemahkan ke zaman modern melintasi waktu. Ada Sinta yang

TEKS & FOTO: YUDASMORO

N


1990-an. Saat itu Nanang masih duduk di bangku SMA dan ia melihat fakta bahwa anak muda sudah melupakan tradisi budayanya sendiri. Nanang Hape lahir dari keluarga seniman. Bapaknya adalah seorang dalang. Lingkungannya kental dengan kesenian terutama wayang. Ia bahkan sudah menjadi dalang di masa kanak-kanaknya. Ia juga menekuni musik, tari, dan teater, termasuk seni ketoprak saat tumbuh dewasa. Kegelisahan Nanang timbul ketika kaum muda menganggap wayang adalah sosok tua, kuno dan membosankan. Di kota-kota besar bahkan pertunjukan wayang hampir tak mendapat tempat lagi. Nanang tak menyalahkan anak muda. Menurutnya, media untuk mempelajari wayang memang terbatas dan budaya mengenalkan wayang pada anak-anak memang tak ada. “Orang tua cuma menyuruh anaknya sekolah tapi tak pernah mengenalkan budaya leluhurnya,” keluh Nanang. “Wayang seharusnya merefleksikan keragaman, kalau memang wayang milik bangsa,” jelas Nanang. Ia menyoalkan tentang mereka yang ingin mengenal wayang tapi tak bisa berbahasa Jawa atau tak kuat begadang semalam suntuk. Untuk itulah wadah Wayang Urban dibuat sebagai jembatan antara tradisi yang kian luntur dan kaum muda yang tergerus budaya pop. kesepian di Alengka dan ada Sinta zaman modern yang menunggu kedatangan kekasihnya yang tak kunjung tiba. “Wayang Urban adalah tawaran kami untuk mengenal wayang secara asyik.” Tulis Nanang Hape di blognya wayangurban.blogspot.com. Meski nama Wayang Urban baru tercipta tahun 2005, tapi idenya sudah melekat di benak Nanang dari tahun

Di sisi lain, Nanang juga prihatin pada peran pemerintah yang dianggap abai terhadap seniman tradisi. Kesenian tradisi diletakkan dalam satu gelanggang yang sama dengan seni pop. Wayang dan lain-lain harus bertarung dengan band modern dalam satu arena demi berebut pasar. Nanang menilai ini sebagai sikap abai dan tidak peduli dari pemerintah.

73 FEBRUARY / 2013


love indo nes ia

G O R O N TA LO Provinsi yang masih muda ini sudah berhasil membuktikan potensi keindahan alamnya dengan memiliki alam bawah laut kelas dunia. ~Wilma.

B

eragam provinsi yang dimiliki Indonesia merupakan gambaran bahwa banyak sekali daya tarik yang kita miliki. Sebagai provinsi yang masih muda, Gorontalo terasa masih sangat alami. Belum begitu banyak bangunan yang berbau konsumerisme disini, tidak seperti provinsi-provinsi lain yang sudah berkembang di Indonesia. Salah satu bangunan yang menyita perhatian saya adalah Kantor Gubernur Provinsi Gorontalo, letaknya di atas pegunungan dan terlihat rapi. Apalagi di waktu malam, apabila Anda mampir ke kantor Gubernur ini dan melihat ke bawah, Anda akan mendapati pemandangan kota yang dipenuhi dengan lampu kota yang semarak, bertambah nyaman karena udaranya yang sejuk. FEBRUARY / 2013

74

Setelah puas menikmati pemandangan kota dari kompleks perkantoran Gubernur Gorontalo, saya memutuskan untuk berjalan keliling kota dan mencari santapan untuk perut saya yang mulai kelaparan. Ayam Iloni merupakan salah satu makanan khas daerah ini. Walaupun bentuknya tidak jauh berbeda dengan ayam bakar pada umumnya, saya tetap tertarik untuk menjadikan Ayam Iloni menjadi menu santap malam saya. Gurih dan pedas! Perpaduan racikan rempah-rempah membuat masakan ini memiliki cita rasa yang kaya, dan ternyata inilah yang membuat Ayam Iloni memiliki rasa yang berbeda.


Sambil menyantap makan malam, saya disarankan untuk mencicipi salah satu masakan khas Gorontalo lainnya, Binte Biluhuta. Dari namanya saja sudah terdengar unik, dan rasanya pun sangat unik menurut masyarakat setempat. Keunikannya terletak pada keberagaman rasanya, manis, kecut, pahit, dan pedas. Bahan utama Binte Biluhuta adalah ikan, namun makanan ini jauh dari kesan amis. Karena ini merupakan makanan kegemaran masyarakat setempat, mulai dari warung makan pinggir jalan sampai restoran di Gorontalo menyediakan Binte Biluhuta. Setelah semalam menikmati kuliner yang ada di provinsi ke-32 di Indonesia ini, hari ini saya memutuskan untuk mencoba pemandian air panas yang terkenal. Pemandian Air Panas Lombongo merupakan salah satu tujuan wisata yang diandalkan oleh pemerintah setempat untuk menarik wisatawan. Terletak sekitar 17 km dari pusat kota Gorontalo, saya menuju ke Pemandian Air Panas Lombongo dengan menggunakan mobil sewaan. Area pemandiannya terlihat cukup luas, terdapat dua kolam yang berukuran besar, kolam pemandian air dingin dan kolam pemandian air hangat. Suara gemericik air yang dihasilkan oleh aliran sungai serta rindangnya pepohonan yang terdapat di kompleks pemandian air panas ini membuat suasana menjadi semakin menenangkan. Tempat yang sangat cocok untuk melepas kepenatan.

75 FEBRUARY / 2013


Gorontalo sebagai salah satu provinsi yang sedang berkembang memiliki banyak potensi wisata yang bisa dimanfaatkan dan Danau Limboto merupakan objek wisata alam yang wajib Anda kunjungi. Merupakan danau yang terluas di Gorontalo walaupun dari tahun ke tahun nampaknya danau ini semakin terkikis. Berjarak sekitar 20 km dari pusat kota, Gorontalo menyediakan keindahan pantai dan alam bawah laut kelas dunia. Walaupun pesona Pantai Olele belum banyak diketahui oleh wisatawan lokal, para penyelam asing yang berasal dari mancanegara menganggap alam bawah laut yang dimiliki oleh Pantai Olele ini sangat menakjubkan, makanya tidak heran apabila mereka jauh-jauh datang ke Gorontalo untuk menikmati pesona pantai ini. Dari bibir pantai dapat terlihat jelas terumbu karang yang berada di dalam air karena memang air laut di pantai ini sangat jernih. Breathtaking! Sebelum meninggalkan tanah Gorontalo, tentunya saya sempat membeli buah tangan khas Gorontalo. Salah satunya adalah kain sulam khas Gorontalo yang biasa disebut dengan Kain Kerawang atau Karawo yang motifnya unik. Buah tangan yang

FEBRUARY / 2013

76


juga saya beli adalah Kue Sabongi yang disebut sebagai makanan para raja Gorontalo pada zaman dahulu. Sampai sekarang kue tradisional ini masih diminati oleh masyarakat setempat. Berbahan dasar singkong dan pisang, kue ini memang sederhana cara pembuatannya, namun rasanya sangat lezat.

FOTO: WIKIPEDIA, DHILA1, NEVAANODRA2122, FREEWEBS, 44NURULAMPASISINGI, REALWONDEROFTHEWORLD, KEVINBLOGSPOT, KLIMG, BERITADAERAHSULAWESI, TRI

Sedikit catatan dari saya bagi Anda yang berencana mengunjungi Gorontalo, akan sedikit sulit untuk menemukan taksi di sini. Berkeliling kota dengan menggunakan kendaraan sewaan merupakan salah satu alternatif tepat atau Anda bisa menggunakan Bentor, sejenis becak bermotor dan merupakan kendaraan umum khas kota ini.

Bandar Udara Soekarno Hatta – Bandar Udara Djalaluddin Garuda Indonesia Lion Air Sriwijaya Air

Quality Hotel Jl. Ahmad Yani Gorontalo City Hotel Jl. Basuki Rachmat Gorontalo Horizon Hotel Jl. Aloei Saboe Gorontalo

Rumah Makan Fira Jl. Panjaitan Kota Selatan, Gorontalo Rumah Makan Jombang Jl. Kyai Haji Agus Salim Kota Utara, Gorontalo

Rumah Pintar Menara Ilmu Dusun 1, Kelurahan Bulota, Kecamatan Limboto Pondok Karawo Dusun Tapa Hengu, Kelurahan Butota, Kecamatan Limboto Pia Extra Jl. Imam Bonjol No. 1 Gorontalo

77 FEBRUARY / 2013


won der ful wor ld

J

ika dulunya aligator cina bisa ditemukan di hampir seluruh penjuru Sungai Yangtze, kini habitat spesies ini yang tersisa terbatas pada area-area tertentu di Anhui dan Zhejiang. Faktor manusia memberikan ancaman tinggi terhadap keberlangsungan aligator cina meskipun spesies ini kini tidak diincar untuk kulitnya seperti spesies aligator dan buaya pada umumnya. Aligator cina tidak jarang dibantai karena dianggap merusak sawah dan mengancam hewan ternak. Habitatnya pun banyak hilang karena dialihkan menjadi lahan pertanian, padahal Alligator sinensis sangat bergantung pada habitat aslinya untuk membangun sarang, berkembang biak, dan bertahan hidup. Ironisnya, usaha pengembangbiakan spesies ini telah lama menunjukkan kesuksesan, namun masalah habitat kembali menjadi batasan karena bagaimanapun aligator cina tidak bisa dilepas ke alam bebas tanpa jaminan habitat yang mendukung.

FEBRUARY / 2013

78

QUICK!FACTS

Literatur Cina dari 2.000 tahun lalu menyebut mereka tidak berbahaya bagi manusia.

Anda bisa menyumbang lewat www.wwf.org.nz atau langsung ke www.wwfchina.org.

TEKS: CITA ARSITA FARANI

FEEBLE CHINESE ALLIGTOR


getaway

Reading points

Senayan City: Ben Francais Brew House Café Oh La La Chatter Box Cold Stone D’Excelso D’Glam Dairy Queen Express Thai Fitness First Foodism Gelato Bar Han Gang Head Quarter Johnny Andrean Jittlada Lu’vaze Ming Village Pizza Marzano Pizza Hut Soho Starbucks Sushi Tei Takigawa Tator

Potato Head Pancious Secret Recipe Starbucks Coffee

E Corner Kopi Luwak Daily Bread Qbox

Plaza Senayan: Café Oh La La Coffee Club Din Tai Fung Johnny Andrean Kafe Victoria Lu Vaze Paxi Barbershop Peter F Saerang Pizza Hut Starbucks Toni & Guy

Pondok Indah Mall 1 – 2: Café Oh La La Celebrity Fitness Chopstick Fish & Co Kafe Regal PHO 2000 Red Tomato Sapo Oriental Sour Sally Starbucks

Pasific Place: Bengawan Solo Coffee Café Bon Francais Coffee Club Coffee World Kopi Luwak Liberica Coffee

Epicentrum: 4 Fingers Comic Café Kafe Betawi Talaga T-Grill Starbucks Coffee

Cilandak Town Square: D’ Palace Dome Frankfurter Mangkok Putih Mister Bean Score Starbucks

Setiabudi One: Amadeus Starbucks Coffee Chatterbox Coffee World Sushi Groove Pizza e Birra Anomali Coffee Kafe Betawi Dapur Sunda Mangkok Putih Pisa Café & Ice Cream Frankfurter Mr. Pancake Plaza Indonesia: Bakerzin

Bistro Baron Café de Excelso Chatterbox Dante Coffee Shop De Excelso Family Café Gelare Ice Cream Café Heavenly Blush La Maison Kopi Luwak Lamoda Café Kafe Betawi Mister Bean Coffee Pancious Pizza e Birra QQ Kopitiam Saint Cinnamon Secret Recipe Spinelli Coffee The Coffee Bean Mall Kelapa gading: Aji Sen Ramen Food Sensation Celebrity Fitness Charmy Taiwan Noodles D’Exelso Dante Coffee Honey Moon Dessert Peter F. Saerang MM Juice Solaria Starbucks Sushi Groove The Coffee Bean Yakun Kaya Toast

Subscribe now by filling out this form: Name: ............................................................................ Address: ........................................................................ ....................................................................................... City / State / ZIP: ........................................................... E-mail: ........................................................................... Phone (Home): .............................................................. Phone (Mobile): ............................................................ Subscription package Jakarta 6 issues

Bodetabek

Luar Jabodetabek

[ ] Rp. 150.000,- [ ] Rp. 162.000,- [ ] Rp. 168.000,-

12 issues [ ] Rp. 250.000,- [ ] Rp. 324.000,- [ ] Rp. 336.000,*mark your selection with [ x ] PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +622134834177, +622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com

AUGUST / /2012 2013 79 FEBRUARY


dire ctor y

Cliquemates And Friends Jalan Halmahera 1 no.16 Semarang T: 081901808787 E: contact@clique-mates.com W: www,clique-mates.com Twitter: @cliquemates

Rumah Turi Hotel Jl. Srigading II no. 12 Turisari Solo 57139, Central Java Indonesia T: +62 271 736606 E: info@rumah-turi.com W: www.rumah-turi.com The Museumotel Hauserman Ile St Jean-Baptiste Demenge 88110 Raon-Step France T: +33 329 50 48 81 W: www.museumotel.com Next Door Deli Ang Mo Kio Ave 10, Block 529 #01-2369 Singapore 56029 T: +65 6458 6180 W: www.nddeli.com Metis Bali Restaurant Jl. Petitenget 6 Kerobokan, Seminyak Bali, Indonesia T: +62 361 847 5481 W: www.metisbali.com www.virgingalactic.com

FEBRUARY / 2013

80


Concorde Hotel Singapore 2013 Adventure Package at Universal Studios Singapore™, Resorts World™ Sentosa Singapore Stay and shop in the heart of Orchard Road and enjoy a thrilling day out at Universal Studios Singapore™, Resorts World™ Sentosa Singapore! Go beyond the screen and Ride The Movies™ at Universal Studios Singapore. Only here can you experience cutting-edge rides, shows, and attractions based on your favourite blockbuster films and television series, including TRANSFORMERS The Ride: The Ultimate 3D Battle, Shrek 4-D Adventure, Revenge of the Mummy™, Madagascar: A Crate Adventure, Jurassic Park Rapids Adventure™, Battlestar Galactica: HUMAN vs. CYLON™ duelling coasters, and more! Concorde Hotel Singapore 2013 Adventure Package > Room Type/Rate: Deluxe Room > From S$258++ per room per night (Fri to Sun) > From S$298++ per room per night (Mon to Thu) > Breakfast offer - One for One at S$28++ for 2 persons (Usual: S$28++ per person) > Free wireless internet (Wi-Fi) access > One-Day Pass per stay for adults for Universal Studios Singapore valid any day of the week. > Complimentary two-way scheduled transfers from hotel to Resort World Sentosa Singapore available on weekdays and weekends. This service is for foreign tourists only. Please present your passport and Singapore embarkation card to board the shuttle bus. > Welcome drink upon arrival > 2 complimentary bottles of water in room daily > Terms & Conditions apply

100 ORCHARD ROAD SINGAPORE 238840 TEL +65 6733 8855 FAX +65 6732 7886 SINGAPORE@CONCORDE.NET

SINGAPORE.CONCORDEHOTELSRESORTS.COM CONCORDE HOTELS & RESORTS KUALA LUMPUR | KUALA LUMPUR INTERNATIONAL AIRPORT | SHAH ALAM | SINGAPORE Sesame Street® and associated characters, trademarks and design elements are owned and licensed by Sesame Workshop. © 2012 Sesame Workshop. All Rights Reserved. TRANSFORMERS and its logo and all related characters are trademarks of Hasbro and are used with permission. © 2012 Hasbro. All Rights Reserved. © 2012 DreamWorks L.L.C. and Paramount Pictures Corporation. All Rights Reserved. Battlestar Galactica™ Universal Studios. © Universal Network Television LLC. All rights Reserved. Shrek and Madagascar © 2012 DreamWorks Animation L.L.C. Jurassic Park and Jurassic Park Rapids Adventure™ & © Universal Studios/Amblin Entertainment. All Rights Reserved. UNIVERSAL STUDIOS, UNIVERSAL STUDIOS SINGAPORE, RIDE THE MOVIES, Universal Globe logo, and all Universal elements and related indicia™ & © Universal Studios. All Rights Reserved. Resorts World, the Resorts World logo and all Resorts World elements and related indicia™ & © Genting International Management Limited. All Rights Reserved.

81 AUGUST / 2012


AUGUST / 2012

82


Getaway! February 2013 Issue