Issuu on Google+

getaway THE LOST CITY

MACHU PICCHU

A SACRED NIGHT

WAISAK DISCOVER

PETRA MAY 2013 ISSUE

www.getaway.co.id


tabl e of con ten ts

MAY / 2013 18 GRAND JOURNEY 40 ADVENTURE Discover Treasure

A Journey to The Past

70 TRIBE & CULTURE

30 EXPLORE

46 EDITOR’S LIST

74 LOVE INDONESIA

Land of The Shadow

5 Things to do in Istanbul

Holy Night

Palangka Raya

38 URBAN STORY 64 TRAVEL NOTES

Riding Light

Play Time!

C

M

Y

CM

ON THE COVER hal. 40

hal. 18 hal. 30 Photo: The Treasury, Petra Situs Petra adalah salah satu objek turis paling populer di Yordania. Petra dalam bahasa Yunani adalah “batu”. Sesuai dengan namanya, Petra merupakan reruntuhan kota tua yang terpahat di gunung-gunung batu.

MAY / 2013

2 2

MY

CY

CMY

K


3 OCTOBER / 2012


getaway

Editor’s Note Frase “Liburan” bisa jadi dianggap keramat oleh sebagian orang. Betul! Musim liburan yang segera tiba di bulan Juni-Juli adalah saat yang paling dinanti oleh banyak orang. Entah itu bagi para penggendong ransel, pembawa koper atau apa pun itu, liburan adalah saat di mana kita melepaskan semua rutinitas. Liburan adalah semacam dunia indah yang jika berada di dalamnya, seperti tak ingin keluar lagi. It’s time for fun! Menyambut musim liburan, di bulan Mei ini Getaway! secara spesial akan menghadirkan edisi “Holiday Buzz” yang tentunya akan membahas alternatif dan tips berlibur. Mulai dari kisah kontributor kami, Fabiola Lawalata yang menyingkap misteri di kota Petra, petualangan di Mongolia, lokasi syuting film penuh aksi Java Heat, tips mendapatkan tiket murah hingga petualangan Nasrudin Ansori menjelajah kota Palangka Raya. Semuanya akan kami hadirkan hanya untuk para pembaca Getaway!. So, what are you waiting for? Prepare your holiday, prepare your fun!

Advisors Gary Lilardi Iwan CEO Cicilia Sudargo Head of Business Development Ria Angelina Editor in Chief Cita Arsita Farani Managing Editor Yudasmoro Art Director S. Eko Andi Purnomo Editor Ivana Fedora Photo Editor Edric Rahardja Marketing Manager Wilman Anugrah (wilman.getaway@gmail.com)

Contributors Annisa Filania Dwi Putri Ratnasari Fabiola Lawalata Mindy Jordan Nasrudin Ansori Rinaldi Ridwan

getaway!

diterbitkan oleh

PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +622134834177,+622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com Getaway! Magz

Erratum. Pada edisi April 2013 rubrik explore, artikel “Saigon Colorful Night” seharusnya tercantum nama penulis Budhi Kusuma Wardana.

MAY / 2013

4

getawaymagz


May

age nda

3

Macau Art Festival tahun ini akan menampilkan para seniman internasional dari China, Portugal, Inggris, Perancis, Spanyol, Belanda, Belgia, Israel, Vietnam dan Singapura. Acara ini akan digelar selama satu bulan penuh.

4

Introdans adalah kelompok koreografer internasional yang berkeliling dunia mementaskan hasil karya mereka yang bermutu tinggi. Saksikan penampilan apik mereka di Gedung Kesenian Jakarta awal bulan Mei ini dalam “Spirit of Dance”

Sigur Ros akan menggelar konser di Istora Senayan Jakarta. Konser band yang beranggotakan Jonsi Birgisson (vokal, gitar), Kjartan Sveinsson (keyboard), Orri Pall Dyrason (drum) dan Georg Holm (bass) ini kabarnya akan ‘mengkreasi’ sendiri panggung dan tata lampu panggung mereka. Wayang Orang Sriwedari yang bermarkas di Solo akan menggelar pentasnya di Gedung Kesenian Jakarta. bagi para pecinta budaya Indonesia, wajib rasanya untuk menyaksikan salah satu ikon kebudayaan lokal yang sudah sangat populer ini.

12

10

Petualangan melintasi ganasnya arus Sungai Pahang telah menarik perhatian para peserta internasional. Acara International Pahang River Rafting Expedition akan berlangsung 12-18 Mei 2013.

Festival Teluk Jailolo yang merupakan festival budaya dan bahari tahunan dari Halmahera Barat ini memasuki tahun kelima. Festival ini akan digelar tanggal 16-18 Mei dan akan dimeriahkan oleh grup musik Noah.

17

Dalam rangka meningkatkan kecintaan dan memperkenalkan kembali budaya lokal, maka Dinas Pariwisata dan Pemerintah kota Solo akan menggelar Festival Dolanan Bocah yang rencananya akan berlokasi di kawasan Gladak pada tanggal 17-19 Mei.

Grup musik indie asal Perancis. Gedung Teater Salihara di Jakarta Selatan mendapat kehormatan untuk menggelar pentas mereka kali ini. Dengan alunan musik tanpa lirik yang sarat dengan nuansa pop dan jazz, Limousine juga dikenal dengan musikmusiknya yang tenang.

23

16

21

Rayong Fruit Festival akan diadakan di Rayong, Thailand tanggal 23-29 Mei. Festival ini juga akan menggelar lomba menghias buah, kontes Miss Fruit, kompetisi buah terbaik, dan pentas budaya.

Ennichisai adalah sebuah festival budaya Jepang yang digagas oleh para pengelola restoran di kawasan Little Tokyo, Blok M, sebagai persembahan warga Jepang yang telah lama tinggal di Indonesia. Acara yang digelar rutin tiap tahun ini akan mengusung tema “Maju Bersama”.

25

MAY // 2013 2013 55MARCH


besage t tim ndae

Where: Aomori, Jepang

When: Agustus

QUICK!FACTS festival ini dulu sering diganggu oleh kelompok Karasuzoku (kelompok burung gagak) yang berakibat bentrok dengan penonton.

MAY / 2013

6

Aomori Nebuta Festival adalah acara musim panas yang berlangsung di Aomori, Jepang, berupa festival arakarakan keliling kota dengan membawa lampion kertas besar yang umumnya berbentuk boneka pemeran Kabuki atau hewan yang disebut dengan Nebuta. Anda akan melihat orang menari beramai-ramai dan berpawai bersama lampion tersebut. Tarian khas dalam festival ini disebut Haneto dengan gerakan kaki seperti melonjak-lonjak atau berjingkrak. Proses pembuatan lampion raksasa ini setidaknya memerlukan waktu satu tahun untuk bisa mendesain dan mengecatnya hingga selesai. Tak heran jika karya seni bernilai tinggi ini kemudian menjadi tontonan favorit bagi wisatawan mancanegara di Jepang

TEKS: IVANA FEDORA FOTO: EAPEINAUDICORNELL

Why:


wha t’s up age nda

Malaysian Charity Luncheon 2013

M

alaysia Charity Luncheon adalah acara amal yang digelar oleh Malaysia di Indonesia. Diadakan pada tanggal 3 April 2013, acara yang terselenggara atas kerja sama pihak Kedubes Malaysia dan Tourism Malaysia ini tak hanya menjadi ajang promosi pariwisata, tapi juga beramal. Menurut Istri Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, YBhg Datin Sharifah Ikhlas, sebagian dari kumpulan dana acara ini akan disumbangkan untuk yayasan anak yatim di Indonesia, yaitu Pansophia dan

Pesantren Khusus Yatim As SyaďŹ iah. Promosi wisata yang dilakukan dalam acara ini adalah peragaan busana seni batik khas Malaysia. Tak heran, acara yang meriah ini dihadiri kaum sosialita ibukota. Para model cantik pun melanggak-lenggok dengan memperagakan batik Malaysia tersebut. Artisartis kenamaan seperti Bunga Citra Lestari dan Syahrini turut hadir dalam acara yang digelar di Grand Ballrooom, Shangri-La Hotel Jakarta ini. Dalam acara ini Indonesia juga mempromosikan pariwisatanya, khususnya wisata belanja.

Kemeriahan Festival Songkran di Jakarta

P

ada Sabtu (6/4), Badan Pariwisata Thailand Jakarta membawa keceriaan festival Songkran di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Songkran merupakan festival besar Thailand yang diadakan setiap bulan April untuk memperingati tahun baru tradisional Thailand yang dirayakan oleh seluruh masyarakat. Air merupakan kunci utama dalam festival Songkran sebagai perwujudan dari pembersihan jiwa, pikiran dan tubuh. Di Bangkok, festival terbasah di dunia ini biasanya diikuti oleh penduduk lokal maupun turis asing.

MAY / 2013

8

Acara yang diadakan di Hotel Sultan Jakarta ini juga mengajak para pengunjung untuk menikmati tarian dari penari asli Thailand dan mencicipi hidangan khas Thailand yang lezat. Thailand Food Festival juga diadakan bersamaan dengan acara ini, dengan menghadirkan dua orang chef asal Thailand untuk memberikan demonstrasi dalam memasak hidangan khas Negeri Gajah Putih itu. Selain Tourism Authority of Thailand, acara ini juga turut didukung oleh beberapa restoran Thailand ternama seperti Blue Elephant, Tamnak Thai, Suan Thai serta gerai es krim Cream&Fudge.


Pekan Pameran Wisata Terbesar International ASTINDO Fair 2013

TEKS: IVANA FEDORA, YUDASMORO, WILMAN ANUGRAH FOTO: YUDASMORO, ISTIMEWA

A

jang pameran perjalanan terbesar di Indonesia ASTINDO Fair 2013 yang dihelat 22 – 24 Maret 2013 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) berlangsung sukses. ASTINDO Fair 2013 diikuti total 100 peserta (exhibitor). Ketua Panitia Penyelenggara ASTINDO Fair 2013, Anto Haditono, melaporkan bahwa, total pengunjung ASTINDO Fair 2013 mencapai 63.000 orang dalam tiga hari penyelenggaraannya. Sejumlah badan promosi pariwisata internasional dan domestik yang berpartisipasi dalam pameran ini memberikan komentar positif terhadap animo pengunjung yang membeli paket-paket wisata yang ditawarkan selama pameran. Keikutsertaan badan promosi

pariwisata ini adalah mempromosikan dan memberikan informasi terbaru tentang destinasi pariwisatanya kepada masyarakat Indonesia. Ketua Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (ASTINDO), Elly Hutabarat, mengatakan bahwa, suksesnya penyelenggaraan ASTINDO Fair 2013 yang merupakan adalah hasil kerjasama yang baik antara seluruh anggota ASTINDO, Asosiasi Tours & Travel Agent Indonesia (ASITA) Jakarta, maskapai penerbangan domestik dan internasional, badan promosi pariwisata mancanegara dan domestik serta industri pendukungnya seperti perbankan, asuransi perjalanan, media pendukung, serta Pacto Convex selaku event organizer.

Philippines Food Festival

T

iga chef dari Filipina hadir di Restoran Satoo yang berlokasi di Hotel Shangri-La, Jakarta. Mereka adalah Sonny Jorges Almandres, Michael Licas Macatig dan Paul Samonte. Kehadiran mereka di Jakarta adalah dalam rangka meramaikan Philippines Food Festival yang digelar antara tanggal 15 hingga 25 April 2013. Ajang kuliner ini menghadirkan aneka hidangan khas Filipina seperti

Kilawing Lapu-Lapu, Lumpiang Ubod, Siliken Tofu, Chicken Adobo, Chicken Binakol hingga aneka hidangan pencuci mulut seperti Halo Halo, Pil Nut Cake, Barako Pannacotta dan Brazo de Mercedes. Selain kuliner, festival ini juga menyuguhkan pentas budaya dari kelompok tari Bayanihan yang sudah mendapat penghargaan di dunia internasional.

9 MAY / 2013


Afrojack guncang Jakarta

K

henti bergoyang mengikuti dentuman musik yang ditampilkan. Ini merupakan penampilan perdana DJ Afrojack yang berasal Belanda tersebut. Di dalam performnya, Afrojack turut membawakan hits-hits andalannya seperti “In Your Face”, “Can’t Stop Me”, “Take Over Control” dan “No Beef”. Tak ketinggalan lagu Gangnam Style milik penyanyi Psy yang telah diremix oleh Afrojack juga turut dibawakan. DJ yang berada di urutan 9 di ranking DJ Mag Top 100 ini memang tengah menjadi idola para pecinta rave party. Tak heran bila di setiap penampilannya selalu di penuhi oleh para raver.

edatangan Afrojack ke Jakarta sepertinya sudah sangat dinanti para penggemarnya. Hal ini terlihat dari padatnya Echo Park, Ancol, pada Sabtu malam (13/4) oleh para party-goers. Kunjungan Afrojack kali ini dalam rangka “The Jacked Tour Jakarta” yang dipromotori oleh Kuta Entertainment dan disponsori oleh Djarum Super Mild. Beberapa DJ kenamaan juga ikut tampil memeriahkan acara Jacked Afrojack ini. DJ yang turut tampil tersebut diantaranya adalah Shermanology, Quintino, Apster, Mickey Moran dan Angger Dimas. Jajaran DJ kenamaan ini membuat “Jacked Jakarta Tour” bertambah seru. Para party-goers yang datang tak

Kompas Travel Mart 2013

J

akarta, (26/3), Kompas bekerja sama dengan HSBC dan Mal Kota Kasablanka menggelar Kompas Travel Mart. Ajang pameran wisata tahunan Kompas ini mengusung konsep “One Stop Shopping”, sebagai salah satu peran serta Kompas untuk ikut mempromosikan wisata domestik dan mancanegara. Acara ini berlangsung selama tiga hari ini digelar di Mal Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta Timur. Setelah sukses pada tahun 2012, Kompas Travel Mart tahun ini memberikan penawaran wisata paling lengkap yang akan memudahkan perjalanan luar biasa. Mulai dari ragam pilihan tempat wisata, hotel, MAY / 2013

10

biro perjalanan wisata, info maskapai penerbangan, hingga paket perjalanan wisata dengan penawaran harga menarik. Adapun tujuan dari pameran ini adalah mempertemukan antara pemasang iklan Kompas dan pembaca Kompas serta memberikan panduan dan informasi lengkap kepada pengunjung. Acara ini juga dimeriahkan dengan adanya talkshow yang melibatkan program-program wisata dari Kompas TV, hadirnya para komunitas travel, penulis buku, kuis, dance performance, dengan pengundian doorprize yang akan berlangsung pada akhir acara.


urba bod yn stor treayt

RIDING LIGHT Istilah “Alun-alun� tak cuma identik dengan zaman Keraton. Di tangan para seniman Yogyakarta, Alun-Alun Kidul tampil dengan wajah berbeda saat malam tiba.

B

aru saja matahari terbenam. Di saat kebanyakan tempat di Yogyakarta mulai bersiap untuk berisitirahat dari kegiatan selama seharian penuh, Alun-Alun Kidul justru sebaliknya. Di pagi dan siang hari, Alun-Alun Kidul yang akrab disebut Alkid ini justru tampak sepi. Wujudnya seperti sebuah lapangan biasa dengan dua pohon beringin besar berdiri di bangian tengah sebagai ciri utamanya. Meski ditandai dengan pohon Beringin besar, tapi suasana Alkid tidaklah seseram anggapan orang tentang pohon itu. Alkid justru menjadi salah satu

MAY / 2013

12

lokasi yang paling favorit di Kota Gudeg setelah malam datang. Pasalnya, puluhan sepeda berhias lampu warna-warni siap menyemarakkan suasanya Alkid saat matahari terbenam. Sepeda hias milik Wahyu adalah contohnya. Wahyu sudah sekitar 1 tahun menyewakan sepeda hiasnya di wilayah Alkid. Bermodal hanya dengan satu unit sepeda rakitan sendiri yang dimodiďŹ kasi sedemikian rupa agar mampu menarik pengunjung. Ukuran kecil, dengan kapasitas 4-5 orang, ukuran sedang 6-7 orang, dan yang terakhir ukuran besar dengan kapasitas 8 orang. Tarif untuk setiap


TEKS: ANNISA FILANIA FOTO: YUDASMORO

lumba-lumba. Ada juga yang didesain menjadi 2 tingkat. Jadi penumpang bisa duduk di bagian atap sambil menikmati pemandangan. Kreatifitas para juragan sepeda di Alkid ini juga luar biasa. Sebagian dari mereka bahkan memfasilitasi sepeda ini dengan player berisi koleksi tembang-tembang dangdut remix yang suaranya berdentum-dentum.

ukuran pun berbeda-beda. Untuk satu kali putaran menggunakan sepeda hias kecil, akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000, sedangkan untuk sepeda hias ukuran sedang dan besar, masing-masingnya dikenakan tarif Rp 25.000 dan Rp 30.000 per putarannya. Namun jangan khawatir, patokan harga tersebut bisa ditawar. Tergantung dari berapa putaran yang akan dijalani oleh si penyewa. Saya menyewanya untuk satu putaran. Penyewa sepeda Wahyu ternyata tak cuma kawula muda atau anak-anak. Tapi ada juga orang dewasa. Wisatawan asing pun beberapa kali pernah menjajal sepeda hiasnya yang bertuliskan “Jogja” ini. Kreatifitas tampaknya juga menjadi kunci dari suksesnya bisnis Wahyu. Bentuk-bentuk sepeda hias ini memang beragam. Ada yang berbentuk seperti mobil (beroda empat) dengan hiasan bergambar aneka tokoh kartun seperti Doraemon hingga ikan

Mengingat banyaknya sepeda serupa yang beroperasi di kawasan Alkid, mengendarai sepeda ini juga harus hati-hati. Selain ramainya lalu-lintas, sepeda hias lainnya juga kerap memenuhi jalur. Mungkin pengelola setempat harus lebih tegas lagi dalam mengatur kawasan ini. Berawal dari hanya satu sepeda hias, Wahyu dalam semalam bisa meraup berkah yang lumayan. Bahkan di akhir pekan atau libur sekolah ia bisa meraup Rp 500.000 dalam semalam. Dengan jam operasi mulai pukul lima sore hingga tengah malam, keuntungan yang diraih Wahyu kini sudah berbuah modal baru. Kini ia memiliki 4 buah sepeda hias! Entah siapa yang mengawali ide ini, yang jelas, kelap-kelip sepeda hasil kreatifitas warga Yogyakarta ini kini menjadi salah satu sajian dalam pilihan objek wisata di kota Yogyakarta. Sebagai bonus, jajanan khas Yogyakarta bisa menjadi alternatif mengisi waktu sehabis menggenjot sepeda hias berkeliling Alkid.

13 MAY / 2013


travel tips

TIPS BERBURU TIKET PROMO M enjamurnya maskapai berbiaya murah dan booming-nya dunia traveling ternyata menciptakan tren baru di kalangan para pecinta jalan-jalan. “Berburu Tiket Promo” sekarang menjadi suatu fenomena yang lazim berkaitan dengan dunia traveling. Tapi ternyata “perburuan” ini juga memerlukan beberapa trik khusus. Apa saja? Berikut adalah beberapa triknya

Pilih penerbangan pagi atau malam Penerbangan di subuh hari atau tengah malam biasanya tidak begitu banyak peminatnya. Saat itulah biasanya maskapai memotong harga tiket menjadi cukup murah. Memilih waktu berburu tiket Kebanyakan para pemburu tiket memulai aksinya menjelang tengah malam hingga menjelang subuh hari. Akibatnya adalah justru terjadi over capacity di situs maskapai tersebut karena begitu banyaknya pengguna yang mencoba peruntungannya. Coba “berburu” di pagi hari (sekitar pukul 6-7), di mana kebanyakan orang sedang dalam perjalanan ke kantor. Maskimalkan Jejaring Sosial Efek dari berkembangnya dunia digital adalah

14 14

MAY NOVEMBER / 2013/ 2012

begitu cepatnya arus informasi yang masuk. Penjualan tiket promo juga sering disebar melalui jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Seringseringlah memantau timeline. Gunakan situs pembanding harga Saat ini juga sudah tersedia situs pembanding harga yang cukup efisien seperti Traveloka, Utiket, YukTravel atau Telunjuk.com. Anda tinggal memasukkan data kapan berangkat, pulang dan memilih destinasi. Situs yang bersangkutan akan menyajikan daftar harga tiket beberapa maskapai. Hari Selasa atau Rabu Berbagai penelitian dan situs di internet menyimpulkan bahwa hari Selasa atau Rabu adalah hari di mana tiket pesawat terbang dijual sangat murah. Kenapa? Entahlah! Mungkin karena terletak di pertengahan Minggu dan jauh dari akhir pekan, jadi tak banyak orang yang traveling di hari itu. Situs AbcNews.com bahkan pernah melansir berita bahwa tiket pesawat termurah biasanya jatuh pada hari Selasa sekitar pukul 3 sore.

TEKS: YUDASMORO

Tentukan tanggal kepergian Ada baiknya Anda menentukan dulu kapan mau berlibur atau bepergian. Ini akan mengirit waktu Anda dalam mengisi kolom destinasi yang akan dituju.


Luncurkan Program TV,

Mimpi Citilink Mengajak Citilinkers Jelajah

P

ariwisata Indonesia terus bertumbuh. Semangat untuk menjelajah negeri pun tak terbendung lagi. Sebagai bentuk dukungan terhadap semangat menjelajah negeri, PT Citilink Indonesia meluncurkan sebuah program TV yang berjudul Citilink Jelajah Mimpi. Sebuah tayangan seru tentang traveling dan berisi tentang informasi petualangan dari kota ke kota di seluruh Indonesia. Citilink Jelajah Mimpi mulai tayang perdana tanggal 20 April 2013, pukul 10.00 WIB, di ANTV.

Citilink Jelajah Mimpi ini dipandu oleh Franda, Agni Prastistha, Rianti Cartwright, dan Tya Ariestya sebagai host. Mereka berempat bersama Citilink akan mengajak pemirsa untuk menjelajah kota-kota di seluruh Indonesia. Perbedaan personality mereka berempat mencerminkan target audience dari Citilink. Gaul, fashionable, berjiwa muda, dan suka traveling adalah spirit yang ingin disebarkan Citilink sebagai maskapai Low Cost Carrier yang Fun, Aordable, dan Reliable. Program Citilink Jelajah Mimpi ini akan ditayangkan sebanyak 13 episode yang mengangkat keunikan 12 kota di Indonesia. Medan, Balikpapan, Jogja, Jakarta, Bali, Lombok, Solo, Makassar, Padang, Palembang, dan Batam adalah kota-kota yang akan

dijelajahi oleh Citilink Jelajah Mimpi. Kota-kota tersebut dipilih sesuai dengan destinasi yang dimiliki maskapai peraih Indonesia Leading Low Cost Carrier tahun 2012 ini. Keunikan dari program ini adalah bagaimana Franda, Agni, Rianti dan Tya menceritakan tentang petualangan mereka menjelajahi kota-kota tujuan. Informasi lengkap tentang program ini dapat diakses melalui www.citilink.co.id. Nah, tunggu apa lagi? Yuk tonton acaranya dan jelajahi mimpimu bersama Citilink.


cou ple spo t

LILY POND ROMANCE B

egitu matahari mulai terbenam di Four Seasons Resort Bali di Sayan, Anda akan semakin merasakan nuansa intim yang cocok untuk dinikmati bersama pasangan. Angin yang sejuk seakan mengantar matahari mengucapkan selamat tinggal. Ajak pasangan Anda melangkah ke teras di bagian atap dan saksikan sebuah kolam besar berisi lili air yang memantulkan langit senja dengan indah. Inilah tempat yang sempurna untuk makan malam ditemani cahaya lilin, alunan Rindik khas Bali, dan tentunya musik dari alam. Dengan suguhan champagne cocktail dan canapĂŠ hingga set hidangan 4-course Bali atau Western, perut akan ikut penuh dan senyum pun semakin mengembang. Untuk pengalaman romantis yang lebih lengkap, tersedia pula paket khusus pasangan yang sudah MAY / 2013

16

dipersiapkan sedemikian rupa. Vila dengan plunge pool dan taman tersendiri memberikan dunia milik berdua yang Anda idamkan. Melangkah ke luar hotel, Anda tidak akan kehabisan aktivitas untuk dilakukan bersama dan pihak hotel siap untuk mengantar ke manapun tujuannya. Di penghujung hari, perawatan di spa akan membuat Anda segar kembali untuk menikmati berbagai pilihan makan malam, mulai dari di tepi Sungai Ayung hingga di vila sendiri. Four Seasons Resort Bali at Sayan Ubud, Bali 80571 T: +62 361 977577 F: +62 361 977588 www.fourseasons.com/sayan

Mulai

640 USD Romance Package.

TEKS: CITA ARSITA FARANI FOTO: MARKUS GORTZ – FOUR SEASONS HOTELS AND RESORTS

Waktu santap malam Anda semakin romantis dikelilingi kolam yang dipenuhi lili air.


gran d jour ney

MAY / 2013

18


DISCOVER TREASURE Mengalami puncak kejayaan dan kemudian terkubur hingga lebih dari satu abad, Petra di Yordania kini hanya menyisakan arsitektur, sejarah dan misteri.

19 MAY / 2013


T

anggal 7 Juni 2007 boleh jadi adalah “hari besar� untuk kota bersejarah, Petra di Yordania. Pasalnya, pada hari itu, Swiss Foundation secara resmi menobatkan kota yang konon mulai dibangun pada tahun 312 Sebelum Masehi itu menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Selebrasi ini tak lepas dari dukungan sekitar 100 juta voters yang sudah menjatuhkan pilihannya pada kota yang bertetangga dengan Laut Mati yang fenomenal itu. memilih Amman, kota tua yang DAY Saya belum pernah saya singgahi untuk

perjalanan ke Petra. Amman ONE memulai menyambut saya dengan bandaranya, Nur Alia-Amman.Bandara tua yang kecil ini tidak terlalu sibuk. Kabarnya, bandara yang baru sedang dalam tahap pembangunan. Bulan Desember ternyata adalah saat yang paling bersahabat buat saya untuk bertandang ke Timur Tengah. Temperatur berkisar sekitar 15 derajat celcius. Di luar terminal kedatangan terlihat loket informasi, langsung saya tanyakan bagaimana cara ke pusat kota. Dari informasi yang disarankan, ternyata Bandara menyediakan shuttle bus dari dan MAY / 2013

20


ke pusat kota, dengan biaya JD3 / Rp.39.000,- per orang. Bus tersebut membawa saya sampai tiba di perhentian akhir yaitu di terminal selatan Amman. Dengan pemandangan layaknya Middle East, terlihat jelas angka turunnya curah hujan sangatlah langka. Jalanan, tanaman dan gedung diselimuti berdebu. Amman mempunyai sejarah yang panjang. Ia pernah dijajah oleh Assyria, Persia, Yunani, Kerajaan Romawi dan Byzantine. Sepanjang perjalanan menuju pusat kota, lalu lintas cukup sepi. Ternyata hari itu bertepatan dengan Hari raya Isra Miraj. Dimana penduduk Amman lebih memilih untuk tinggal di rumah dan merayakan hari raya bersama keluarga. Hotel menjadi lokasi awal saya untuk bergerilya mencari jalan menuju Petra.Agen travel riuh menawarkan paket-paket tur sehari ke Petra. Harga yang ditawarkan JD50/ Rp 650.000 per orangnya dan belum termasuk tiket masuk yang dibanrol sekitar JD50 juga. Terlalu mahal buat saya! Dari hasil blusukan mencari paket yang lebih murah, akhirnya pilihan saya jatuh pada bus umum bernama Jett yang beroperasi secara regular menuju Petra dari

21 MAY / 2013


Amman. Tiketnya sangat terjangkau, yaitu hanya JD9,50 / Rp 123.500. Jauh lebih murah ketimbang harga dari para agen travel. Karena terbatasnya kuota penumpang, saya sarankan buat Anda yang hanya ingin tur sehari di Petra untuk membeli tiket sehari sebelumnya di kantor administrasi bus. Jett mulai berangkat menuju Petra pukul 6 pagi dan kembali ke Amman pukul 4 sore. Menemukan kantor Jett tak sulit. Letaknya di tengah kota Amman, di terminal Abdali. Nama bus Jett ini cukup populer di kalangan supir taksi kota Amman. Saya tak perlu khawatir tersesat! Meski harga taksi menuju terminal ini dari downtown Amman cukup murah (sekitar JD0,50 tanpa argotawar menawar dengan supir) tapi saya lebih memilih jalan kaki. warga Amman memang luar DAY Keramahan biasa. Saat saya sedang menanyakan

jalan pada seorang warga lokal TWOarah yang tak fasih berbahasa Inggris, warga

Warga Amman

MAY / 2013

22

ini rela memberhentikan sebuah mobil demi untuk menolong saya mencapai tujuan. Luar biasa! Tujuan saya adalah Amphitheater, ikon utama pariwisata kota Amman. Dengan merogoh kocek sebesar JD1/Rp 13.000 saya bisa menikmati atmosfir arena pertunjukan yang dibangun di era kebesaran Romawi tahun 138 – 161 ini. Bangunan yang dibuat zaman pemerintahan Kaisar Antonius Pius ini sudah menganut ilmu arsitektur tingkat modern di zamannya. Ia dibangun menghadap ke utara untuk menghindari jatuhnya sinar matahari ke penonton secara langsung. Kapasitasnya mencapai 6.000 penonton. Tribun yang paling atas disebut “The Gods” – semacam tribun VVIP di zaman sekarang. Kini, Amphitheater tak lagi diramaikan oleh pentas para artis. Setiap harinya ia hanya menjadi objek turis. Kemegahan masa lalunya tersimpan diam dalam susunan batu yang membisu. Perjalanan saya lanjutkan menuju Citadel, salah satu situs bersejarah yang juga tenar di Amman. Citadel adalah situs sejarah yang berupa reruntuhan


Amphitheater bangunan yang diyakini mulai dibangun di era Perunggu, era Besi dan era Helenistik. Jauh sebelum penanggalan Masehi ditetapkan. Saya sangat menikmati duduk berlama-lama di area Citadel ini, apalagi saat itu matahari hampir terbenam sehingga langit berwarna keemasan bagaikan membingkai kota Amman. Dari kejauhan terdengar suara adzan maghrib memanggil umatNya untuk datang kepada-Nya. Supir taksi yang membawa saya ke Citadel, segera menggelar sajadah di samping taksinya dan memulai ritual sembahyang. Terus terang saya merinding. Tuhan Maha Besar! Inilah hari yang paling saya tunggu! Dengan jarak tempuh 3,5 jam, THREE semuanya terasa cepat berlalu. Maklum, saya terlalu bersemangat ingin melihat Petra! Pemerintah Yordania juga ternyata cukup siap menyambut turis yang akan menikmati keajaiban Petra lebih dari satu hari. Akomodasi, rumah makan dan toko suvenir sudah tersedia lengkap di sini.

DAY

Tapi di balik popularitas Petra, ternyata masih ada kejadian yang kurang menyenangkan. Di loket masuk terjadi sedikit keributan antara turis dan petugas. Pasalnya, harga tiket masuk untuk turis

23 MAY / 2013


APRIL//2013 MAY 2013

24 24


QUICK!FACTS Petra pernah dijadikan setting cerita untuk Tintin, Indiana Jones dan The Mummy Returns

asing dan lokal jauh berbeda. Saya harus merogoh kocek JD50/Rp 650.000 untuk selembar tiket satu hari kunjungan. Sedangkan warga lokal hanya dibebankan JD1/Rp 13.000. Karena saya berminat untuk mengunjungi Petra selama 2 hari, maka tiket yang saya harus bayarkan adalah sebesar JD90 atau hampir sama dengan Rp.1.170.000. Tak murah memang. Tapi sudahlah, toh pengalaman tak bisa terulang. Sejarah Petra sebetulnya dimulai sekitar abad ke 6 Sebelum Masehi oleh suku Nabatea yang mendiami Yordania Kuno. Mereka menguasai jalur perdagangan di kawasan gurun setelah Kerajaan Israel dan Yudea kuno, penguasa kawasan ini pada masa sebelumnya, dikalahkan oleh kerajaan Babel yang dipimpin Raja Nebudkadnezer. Suku Nabatea berhasil menjadikan Petra menjadi pusat perdagangan sampai akhirnya Romawi datang dan mengambil alih kekuasaan Suku Nabatea. Sejak saat itulah Kota Petra justru bukannya maju melainkan terpuruk dalam hal ekonomi. Ditambah dengan adanya gempa dahsyat yang memporak porandakan kota ini, sistem suplai air yang sudah dibangun dengan teknologi

arsitektur paling rumit pun hancur seketika dan penduduk Petra sejak saat itu meninggalkan kota ini. Petra pun terkubur dalam kesunyian hingga pada tahun 1812, Johan Ludwig Burckhardt, seorang petualang dari Swiss menemukan kota ini. Keberadaan Petra kemudian mulai terkuak kembali. Berita ini segera tersiar hingga ke Eropa. Para penyair Eropa bahkan menjulukinya sebagai “Kota Mawar Merah yang Cantik�. Tahun 1985, UNESCO menyatakan Petra sebagai salah satu situs warisan dunia. Setiap belokan di Petra adalah keindahan. Kota yang dibangun di dinding-dinding batu ini seperti tak ada tandingannya. Adalah The Bab-as-siq, jalan berliku penuh kerikil dengan batu-batu merah setinggi 100-200 meter mengantarkan saya berjalan sepanjang 1,5 kilometer sampai mata saya menangkap sesosok bangunan yang sering saya lihat di majalah travelling dan kartu pos. Ah.. akhirnya The Treasury ada di hadapan saya, berdiri gagah dan cantik sekaligus misterius. Pikiran saya melayang menuju ribuan tahun yang lalu. Apakah yang terjadi disini saat itu? Tempat

25 MAY / 2013


Century 21 Department Store

Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah sebelum tengah hari, karena sinar matahari masih menyinari bangunan ini tanpa terhalang dan pastinya ratusan turis lain juga belum tiba di lokasi ini. Sehingga Anda dengan leluasa bisa membuat foto narsis di depan The Treasury ini. Bangunan ini pernah menjadi bagian dalam ďŹ lm Hollywood arahan Steven Spielberg, Indiana Jones & the Last Crusade yang dibintangi Harrison Ford. Tapi percayalah, menikmati Petra secara langsung jauh lebih menarik daripada menonton ďŹ lm tersebut. menemukan kisah cinta di DAY Saya tengah Petra. Sembari menyusuri jalan

dan berdebu di Petra, nampak FOUR berkerikil di bawah sebuah gua, terlihat ada meja dengan buku-buku yang tersusun rapi di atasnya. Seorang pria - dengan wajah yang saya yakin

MAY / 2013

26

campuran - sedang berusaha menawarkan bukubuku tersebut. Saya jadi penasaran dengan toko buku di tengah tanah gersang ini. Ternyata pria muda berwajah tampan itu adalah anak dari pasangan Marguerite van Geldermalsen dan Mohammad Abdallah Othman. Pada tahun 1978, Marguerite bersama temannya datang dari negara asal mereka di New Zealand untuk berpetualang di Petra, sampai akhirnya Marguerite bertemu dengan seorang pengembara padang pasir (Bedouin) Marguerite pun rela untuk tinggal di padang pasir Petra, menikah dan memulai hidup barunya. Kisah hidup pasangan beda latar belakang ini dapat dibaca dalam buku karangannya berjudul “Married to a Bedouin�. Menurut cerita si anak, ayahnya telah meninggal dunia sejak 2002 silam, sedangkan ibu Marguerite masih hidup dan membagi waktunya untuk tetap tinggal di Yordania dan Australia. tak suka hari ini karena harus DAY Saya mengakhiri petualangan saya di Petra. menyelesaikan makan pagi di FIVE Selesai hotel, segera saya bergegas menuju

TEKS: FEBIOLA LAWALATA FOTO: FEBIOLA LAWATA, ISTIMEWA

apakah ini sebenarnya? Bagaimana situasi orangorang disini pada zaman tersebut? Pertanyaan itu bermain di kepala saya sementara mata memandang ke sekeliling. Tidak heran jika jutaan manusia di dunia sepakat untuk menobatkan tempat ini sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.


terminal bus Jett yang kelak akan membawa saya kembali ibukota Amman untuk selanjutnya menuju bandar udara Internasional Amman karena penerbangan di malam hari telah menunggu untuk membawa saya kembali pulang.

27 MAY / 2013


Mulai

Mulai

134 JD /

85 JD /

malam

malam

BUDGET

Marriott Petra Hotel Taybeh Road, Petra / Wadi Musa 71810, Jordan

InterContinental Jordan Islamic College Street,Second Circle,Amman T: +962-6-4641361

Mulai

15 JD / Mulai 13 JD / malam

Rocky Mountain Hotel Main Street, Petra / Wadi Musa 71810, Jordan

Jordan Tower Hotel Hashmiyeh downtown Amman, next to the Roman Amphitheatre

!

Yordania juga terkenal akan keajaiban alamnya yang bernama Laut Mati. Kadar garam yang amat tingggi di sini membuat tak ada makhluk hidup yang mampu hidup di dalamnya. Diyakini, di sinilah tempat kisah terjerumusnya kehidupan moral kaum kaum Nabi Luth ke dalam kehancuran.

Garuda Indonesia Jakarta – Abu Dhabi dan dilanjutkan dengan Royal Jordanian Airlines/ Etihad Air menuju Amman Royal Jordanian Airline dari Jakarta – Bangkok – Amman Atau contact travel agency Anda, karena banyak alternatif menuju Amman dari Jakarta

28

Day 1 Shuttle Bus dari Bandara ke Downtown kota Amman Makan Siang & Makan Malam

JD3 JD20

Day 2

untuk pemegang paspor RI , nikmati kenyamanan berkunjung ke Jordania, karena adanya sistem Visa on Arrival untuk WNI ,ataupun diurus sebelum keberangkatan di Kedutaan Jordania di Jakarta, info selengkapnya bisa diakses di: http://www.jordanembassy.or.id

MAY / 2013

malam

Pesawat Jakarta-Amman pp (high season) US$ 1200 Visa on Arrival JD 20 Airport Tax Soekarno-Hatta Rp 150.000 Hotel+Sarapan di Amman 2 x JD30 = JD 60 Hotel+Sarapan di Petra 2 x JD120 = JD240

Banyak restoran ataupun rumah makan di Amman, harganya pun bervariasi, Anda bisa lihat menu harga yang biasa dipampang di depan restoran mereka. Menu yang sering terlihat di buku menu adalah Mensaf , semacam semur daging diolah dengan yoghurt sauce, dan Makloubat yaitu grilled chicken yang telah di marinated. Jangan lewatkan merasakan Baklava sebagai teman minum Arabic Coffee Musim semi : Maret – Mei Musim gugur : September – November Provider telepon genggam / SIM Card yang banyak dipakai: Umniah & Zain Colokan listrik yang digunakan sama dengan di Indonesia

Tiket masuk Amphiteather + Museum Rakyat Taksi menuju Citadel Sandwich untuk makan siang & Minuman Dingin Makan malam

JD1 JD5 JD2 JD8

Day 3

Tiket masuk Amphiteather + Museum Rakyat Taksi menuju Citadel Sandwich untuk makan siang & Minuman Dingin Makan malam

Day 4

Oleh-oleh Snack & Minuman Dingin Makan siang dan makan malam di Petra

JD1 JD5 JD2 JD8

JD35 JD3 JD20

Day 5

Tiket Bus Jett dari Petra ke Amman JD9,50 Shuttle bus dari downtown Amman ke Bandara Amman JD3 Makan siang di Amman JD10

TOTAL

*JD 1 = Rp 13.000,*USD1 = Rp 9.700,-

Rp 19.096.500


exp lore

LAND OF THE SHADOW Nama Jenghis Khan memang tak pernah pudar. Ia tercatat sebagai salah satu tokoh penjelajah dan penakluk paling disegani di seluruh dunia. Nama besarnya hingga kini masih menyatu dengan setiap jiwa di Mongolia.

MAY / 2013

30


31 MAY / 2013


K

ondisi cuaca di Ulaanbaatar sedang memburuk! Itulah berita yang saya terima di Bandara Incheon, Seoul sesaat sebelum penerbangan menuju Ulaanbaatar (Ulan Bator), Mongolia. Saya pun penasaran. Seperti apa kira-kira Ulaanbaatar akan menyambut saya? Beberapa jam kemudian, setelah mengalami penundaan penerbangan, pesawat saya pun terbang. Dan pertanyaan saya segera terjawab. Saya disambut cuaca dingin di bandara Chinggis Khan. Dibandingkan dengan Bandara SoekarnoHatta, Bandara Chinggis Khaan relatif kecil dengan fasilitas yang terbatas. Untuk menuju ke pusat kota, kita bisa menggunakan taksi atau mobil sewa. Cukup jauh sekitar 18 km, namun jalan sangatlah lengang dan saya disuguhi hamparan tanah lapang dan kering sepanjang perjalanan. Uyanga Bat-erdene, seorang gadis Mongolia berusia 20 tahun menjemput saya. Dia adalah pemandu saya selama berada di tanah bangsa pengembara ini. Saran saya, gunakanlah pemandu selama berada di Ulaanbaatar. Warga di sini sangat jarang yang mengerti bahasa Inggris. MAY / 2013

32

Saya tiba di New West Hotel. Walaupun berlabel bintang tiga, harga sewanya cukup mahal, yakni $75 per malamnya. Fasilitas yang ada mencakup sarapan, wiďŹ , dan pemanas! New West Hotel menjadi shelter saya dari serangan udara bertemperatur minus 17 derajat celsius. Ini belum seberapa karena Mongolia masih dalam periode musim gugur. Belum masuk musim dingin. Dan di periode inilah kondisi cuaca Ulaanbaatar akan lebih berpolusi. Ini karena semua penduduk akan menggunakan pemanas dan cerobong asap. Seporsi daging dan buah menjadi hidangan sarapan saya sebelum mengawali kegiatan. Di Mongolia, daging sapi tak banyak dikonsumsi mengingat harganya yang tinggi. Dan karena letak geograďŹ snya yang jauh dari laut, jangan berharap banyak untuk mengkonsumsi sea food. Selain sulit ditemui, harganya pun menguras kantong. Maklum, untuk mendatangkan hasil laut, mereka harus impor. Warga Mongolia biasa mengkonsumsi beberapa jenis daging untuk dikonsumsi sebagai kuliner nasional, seperti: onta, kambing, bison, kuda dan domba.


Narantuul Market Selama berada di Mongolia, menu Buuz adalah favorit saya. Hidangan ini mirip dengan somay. Hanya saja isinya adalah daging sapi dan memasaknya dengan cara dikukus. Pasangan yang tepat untuk melahap Buuz adalah Suutei Tsai, minuman khas Mongolia sejenis teh susu. Untuk memborong oleh-oleh, saya disarankan Uyanga untuk menuju ke Narantuul market atau yang dikenal sebagai the “Black Market�. Ini bukan pasar underground. Tapi memang namanya black market dan harga yang ditawarkan relatif lebih murah. Di sini tersedia berbagai suvenir khas Mongolia seperti rumah tradisional, baju adat dan berbagai aksesoris dengan Chinggis Khan (Jenghis Khan) sebagai objek utamanya. Mongolia memang identik dengan tokoh nasionalnya, Chinggis Khan. Sangat mudah menemukan sesuatu yang berbau Chinggis Khan di sini. Salah satunya yang paling monumental adalah di Sukhbaatar Square, di mana sebuah patung Chinggis Khan berukuran besar terdapat di sana. Saya menjangkaunya dengan menggunakan taksi.

33 MAY / 2013


Patung Jenghis Khan Letaknya di pusat kota, jadi tak perlu takut nyasar. Lagi pula, tak ada macet di Ulaanbataar. Saya sempat berbincang dengan warga setempat. Saat saya menyebut Indonesia – seperti yang sudah saya prediksi – hanya beberapa gelintir orang saja yang mengenalnya. Tapi ketika saya menjelaskan bahwa Indonesia adalah negeri yang hanya memiliki 2 musim dan mataharinya bersinar sepanjang tahun, mereka terkaget-kaget. Sekedar informasi, saat musim dingin tiba, temperatur cuaca di Mongolia akan mencapai minus 40 derajat Celsius! Saya jadi sangat bersyukur tinggal di Indonesia. Kehidupan warga Mongolia pada umumnya masih seperti “terkurung� di masa lalu. Mereka masih berada di bawah bayang-bayang kebesaran Chinggis Khan. Itu sebabnya saya dapat dengan mudah menemukan sesuatu di mana Chinggis Khan menjadi objeknya Chinggis Khan yang dikenal juga dengan nama Jenghis Khan atau Genghis Khan adalah seorang MAY / 2013

34


MAY / 2013 35 35 APRIL


Pesawat Kuala Lumpur – Seoul PP: 625 USD Seoul – Ulaanbaatar PP: 720 USD

Direkomendasikan menggunakan taxi untuk berkeliling Ulaanbaatar. Tersedia bus namun tidak direkomendasikan. Jangan kaget jika taxi yang kita tumpangi mendadak berhenti dan mengangkut penumpang lain. Sangat umum untuk sharing taxi disini!

Kini dibandingkan dengan Negara-negara Asia lainnya, Mongolia tampak seperti tertinggal. Hampir tak ada bangunan mewah. Separuh dari warga negara tinggal di ibukota Ulaanbaatar. Sisanya menyebar di berbagai daerah dengan cara nomaden (berpindah-pindah). Tapi justru inilah yang membuat Mongolia begitu berkesan bagi saya.

! Jangan sekali-kali memutar topi yang anda kenakan karena anda dianggap menantang untuk mendatangkan kesialan. Jika disuguhi susu, jangan kaget jika rasanya asin karena sangat umum mencampurkan susu dengan garam. Minuman ini bernama Suutei tsai dan biasa disuguhkan untuk tamu. Penyajiannya adalah dengan meminum melalui mangkuk kecil. Hampir semua orang Mongolia bisa berkuda.

MAY / 2013

36

Golden Gobi Chingeltei district, 40000 Microdistrict building Ulaanbaatar http://www.goldengobi.com/ T: +976 11 322632 New West Hotel Enkhtaivan Street Bayangol District T: +976 701 83500

Hazara Peace Ave 16 E of Central Ulaanbaatar T: 011 480 214 T: 9919 5007 Silk Road Bar & Grill Jamyn Gunii Gudamj 5/1 Central Ulaanbaatar T: 011 318 864 T: 9191 0211

TEKS: RINALDI RIDWAN FOTO: ISTIMEWA

pahlawan besar bagi rakyat Mongolia. Sejarah tentang Chinggis Khan tercatat di sekitar abad 12. Ia adalah pendiri kekaisaran Mongolia dan memiliki banyak daerah jajahan seperti Asia Tengah dan Persia.

Kempinski Hotel Khan Palace East Cross Road, Peace Avenue Bayanzurkh District Ulaanbaatar T: +976 11 463 463


coff ee talk

Travel writer sering dianggap sebagai pekerjaan impian. Traveling, menulis dan dibayar. Terdengar mudah dan sederhana. Benarkah?

M

enulis, traveling dan dibayar. Siapa yang tak ingin? Konon sebuah profesi bernama travel writer sering kali digadang-gadang sebagai the best job in the world atau the dream job. Benarkah? Saya sendiri meyakini bahwa sebaik apa pun sebuah pekerjaan tetaplah memiliki resiko. Dan untuk konteks travel writer, saya yakin tak rendah MAY / 2013

38

Secara etimologis, travel writer bisa diterjemahkan sebagai penulis perjalanan. Pekerjaan utamanya adalah membuat dokumentasi perjalanan berbentuk tulisan untuk dipublikasikan ke khalayak umum melalui media. Tentu saja para penulis ini mendapatkan bayaran untuk hasil kerjanya. Lalu, sejak kapan profesi ini mulai muncul? Mengapa baru saat ini menjadi tren? Entahlah! Catatan perjalanan sendiri sebetulnya memiliki rentang sejarah yang cukup panjang. Bahkan saat Christopher Colombus menjelajah PasiďŹ k demi menemukan dunia baru, beliau juga sudah membuat catatan perjalanan. Penjelajahan Marco Polo juga meninggalkan catatan perjalanan. Semua penjelajah dunia di masa lalu hampir dapat dipastikan telah meninggalkan jejaknya dalam sebuah catatan perjalanan. Catatan-catatan ini kini bisa dibilang sebagai salah sumber pengetahuan. Dunia mungkin tak akan mengetahui seluk beluk kehidupan warga

TEKS: YUDASMORO FOTO: ISTIMEWA

TRAVEL WRITER’S MOVEMENT

resikonya. Sekali pun saya juga yakin bahwa travelingnya pasti akan menyenangkan.


Indian jika Colombus tak mendokumentasikannya dalam tulisan. Atau sejarah tentang Silk Road yang melegenda, ,misalnya. Sekarang pun sama. Hanya saja saat ini catatan perjalanan juga sudah menyentuh ranah industri pariwisata. Zaman memang semakin berkembang. Catatan perjalanan dibutuhkan agar khalayak umum mengetahui soal sebuah detinasi wisata di daerah lain. Penjelajahan atau perjalanan kadang memang butuh dokumentasi. Mulai dari sekedar menulis “dear diary‌â€? hingga tulisan rutin di sebuah media komersil. Seiring bergulirnya waktu, catatan perjalanan ini juga mengalami perkembangan. Ia bertransformasi dari sebuah catatan pena seorang pelancong atau peneliti menjadi sebuah pekerjaan yang sering dilabel “the best job in the worldâ€?. Tapi pekerjaan tetaplah pekerjaan. Resiko selalu mengintai! Para penulis perjalanan tidaklah hidup dari gaji bulanan yang tiap bulannya selalu setia menambah nominal di rekening kita. Penulis perjalanan juga bukanlah tipe pekerjaan yang memberikan tunjangan macam-macam. Tak ada tunjangan rumah sakit atau pun tabungan hari tua. Jadi, pintar-pintarlah mengelola keuangan jika memang berprofesi sebagai penulis perjalanan. Penulisan perjalanan saat ini juga sangat beragam. Sekarang, catatan perjalanan yang masuk dalam ranah komersil biasanya merajuk pada satu tujuan, yaitu industri pariwisata. Dan industri pariwisata pun terus berkembang. Tak melulu soal objek wisata, industri pariwisata kini mulai merambah dunia hiburan dan bahkan olahraga. Ajang Formula 1, Piala Dunia dan turnamen Sumo. Tak ketinggalan pentas teater dan konser. Semuanya kini menjadi bagian dari daya tarik wisata. Jadi, apakah penulis perjalanan hanya lihai menulis tentang mengejar bus antar kota, ketinggalan pesawat, tidur di stasiun atau kisah menembus hutan? Jika diselaraskan dengan tuntutan zaman, tentu saja jawabannya tidak. Ranah industri pariwisata sangatlah luas. Artikel perjalanan saat ini biasanya diterbitkan di media komersil seperti majalah, koran atau portal online. Ada juga yang menulisnya hanya untuk kepuasan pribadi di media individu seperti blog. Perbedaannya hanyalah di media komersil, penulisnya mendapat honor alias dibayar. Sedangkan menulis di blog tentu tidak dibayar, kecuali Anda lihai me-monetize blog Anda. Mana yang lebih baik? Saya rasa semuanya baik. Jika kita bisa traveling sambil menghasilkan uang, kenapa tidak?

39 MAY / 2013


advent ure

MAY / 2013

40


A JOURNEY TO THE PAST Penaklukan oleh bangsa Spanyol membuat beberapa pusat peradaban dunia di tanah Dunia Baru “menghilang�. Machu Picchu adalah salah satunya.

41 MAY / 2013


QUICK!FACTS Peru memiliki sekitar 3.000 jenis kentang

L

ima menyambut saya dengan ramah. Petugas imigrasi bandara menyambut saya dengan ucapan “Bienvenida en Peru”. Dalam kamus mereka artinya “Selamat datang di Peru.” Miraflores menjadi tujuan saya hari itu. Kawasan ini terkenal karena tingkat keamanannya dan merupakan kawasan yang asyik untuk berbelanja. Nama Miraflores ternyata memiliki makna tersendiri. Mirar berarti melihat-lihat, sedangkan flores berarti bunga. Pantas saja, kawasan ini begitu terlihat asri dengan bunga-bunga cantik di sekitarnya. Salah satu tujuan saya berada di Lima adalah mengunjungi Machu Picchu. Ibukota suku Inca. Salah satu bukti sejarah peradaban manusia di masa lalu yang begitu mengagumkan.Di hotel tempat saya menginap sebetulnya tersedia pelayanan jasa perjalanan tetapi saya lebih memilih untuk mengatur perjalanan saya sendiri. Selain pastinya lebih murah dibanding harga hotel, saya juga jadi lebih bisa mempraktekkan kemampuan bahasa Spanyol saya.

MAY / 2013

42

Tapi sebelumnya, saya akan mampir di Cusco. Masyarakat lokal mengenalnya juga dengan nama Cuzco. Penginapan Casa Andina menjadi pilihan saya di Cusco. Selain pegawainya ramah, harga yang ditawarkan juga tak membebani kantong. Cusco adalah kota di sebelah tenggara negara Peru dan terletak di deretan pegunungan Andina. Kota ini merupakan ibukota bersejarah dari masa Dinasti Inca. Menginjakkan kaki di Cusco butuh penyesuaian buat saya. Maklum saja, daerah ini berada di ketinggian 3.400 meter. Kepala rasanya pusing dan harus sering-sering menarik nafas panjang ketika beraktifitas. Saya mengunjungi Qorikancha atau Coricancha yang dulunya merupakan salah satu temple terpenting di masa Dinasti Inca untuk memuja Inti, sang Dewa Matahari. Coricancha berasal dari bahasa Quechua, tepatnya dari kata Quri Kancha, artinya Golden Temple. Sesuai dengan namanya, dinding-dinding dan lantai di Coricancha ini ditutup dengan lapisan emas.


Inca memang sebuah bukti kejayaan di masa lalu. Peradaban yang pernah mendominasi benua Amerika ini kemudian musnah saat bangsa Spanyol mulai menancapkan kekuasaannya. Raja Inca yang terakhir, Atahualpa, tewas di tangan Fransisco Pizaro, seorang penjelajah asal Spanyol. Keindahan Cusco tidak hanya pada sejarahnya. Di kota yang diakui sebagai world heritage dari UNESCO pada tahun 1983 ini juga bisa melihat suku asli berpakaian secara sederhana. Para wanita segala usia membawa benang wol. Sambil menunggu kendaraan datang atau duduk-duduk di Plaza de Armas yang cantik, mereka menghabiskan waktu dengan menjulur bulu domba menjadi benang tenun atau juga menenun dengan cara mengikat salah satu ujung di pinggang dan ujung akhirnya dikaitkan di kaki. Di antara pinggang dan kaki, ada sebuah kayu yang menjadi pengikat. Belum pernah saya melihat cara menenun seperti itu. Mengakhiri hari, saya memilih Papa de Huacaina sebagai menu makan malam. Isinya kentang rebus disajikan dengan saus keju berbumbu cabe dan bawang putih. Sebagai pendampingnya, saya memilih mate coca. Teh yang terbuat dari daun coca. Konon jenis daun ini sangat ampuh dalam mengusir pusing akibat ketinggian. Saya juga akan singgah di beberapa lokasi menarik. Sacsahuaman atau biasa juga disebut dengan Saksaq Waman dan sering diplesetkan oleh para pemandu wisata menjadi sexy woman, berlokasi di sebelah utara kota Cusco merupakan peninggalan sejarah yang amat berharga dari Dinasti Inca. Sacsahuaman merupakan benteng suku Inca yang dibangun dari batu-batu besar yang dipahat sedemikian rupa sehingga mereka bisa saling mengait. Ada dua cara untuk menuju Machu Picchu yaitu hiking melalui Camino Inca atau Inca trail dan naik kereta api, menginap di Aguas Calientes selama dua malam. Aguas Calientes merupakan kota kecil yang menjadi terkenal karena merupakan “gerbang� ke Machu Picchu. Oleh karena itu banyak sekali penginapan yang mayoritas berkerja sama dengan agen perjalanan di Cusco. Kereta api menjadi pilihan saya.

43 MAY / 2013


Setelah kedatangan bangsa Spanyol, Machu Picchu mengalami kehancuran. Ia ditinggalkan begitu saja oleh warganya. Tempat ini juga dikenal dengan sebutan “Kota Inca yang Hilang”. Machu Picchu dibangun jauh dari keramaian Cusco, ibukota Dinasti Inca. Ada tempat menarik untuk menyaksikan panorama kota yang hilang ini, namanya Wayna Picchu. Untuk mencapainya, saya harus melakukan pendakian yang tak ringan. Pendakian yang gampang-gampang susah sebetulnya, karena tanah yang basah dan licin akibat hujan yang turun sebelumnya.

MAY / 2013

44

! Provider yang paling banyak dipakai di Peru adalah Movistar dan Claro. Temperature di Lima: 13º celcius - 27ºcelcius Di Cusco: 2º celcius - 21º celcius Colokan listrik di Peru adalah bergigi tiga pipih

Pesawat Jakarta – Lima (pp) airport tax Jakarta penginapan di Peru per malam

$1.900 Rp 150.000 $40

TEKS: MINDY JORDAN FOTO: ISTIMEWA

Esoknya Machu Picchu menyambut saya dengan cuaca yang kurang bersahabat. Selain dingin, hujan juga turun dengan cukup deras. Machu Picchu dulunya merupakan kompleks tempat peristirahatan Raja Pachacutec. Dalam bahasa lokal, Machu Picchu berarti Gunung Tua. Ia berada di ketinggian 2.350 meter. Kota ini merupakan simbol kerajaan Inca yang kira-kira dibangun pada tahun 1450.

Banyak juga jalur yang terjal dan meminta kita untuk sangat berhati-hati. Begitu sampai di atas, semua penat dan lelah setelah mendaki, hilang lenyap. Machu Picchu dari ketinggian 2.634 meter sungguh menakjubkan. Salah satu kota terpenting di era Inca itu kini hanya berupa reruntuhan. Bangunannya tak utuh lagi. Tapi pesonanya tak luntur sedikit pun. Keberadaan kota yang pernah hilang ini kembali terdeteksi oleh arkeolog dari Universitas Yale pada tahun 1911. Sejak itu, kota yang hilang ini menjadi salah satu objek wisata yang paling fenomenal di dunia.


edit or’s list

5

THINGS TO DO IN

ISTANBUL

Istanbul bukan hanya menjadi ibukota Negara Turki. Pada tahun 2010, kota yang bersanding langsung dengan Selat Bosphorus ini dinobatkan menjadi ibukota seni di Eropa setelah sebelumnya juga sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Keunikan Istanbul adalah letaknya yang terdapat di dua benua, Asia dan Eropa. Kebudayannya merupakan paduan dari rentang sejarah yang amat panjang dari kebudayaan asli Turki, Byzantine dan Romawi. Apa saja yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Istanbul? Simak saja beberapa panduan berikut ini.

MAY/ 2013

46


Cruising Bosphorus N

ikmatilah Istanbul dari sisi yang berbeda. Menyusuri Selat Bosphorus adalah salah satu atraksi wisata yang yang harus dilakukan. Bosphorus tak Cuma berfungsi sebagai lalu-lintas air, tapi juga sebagai salah satu simbol sejarah yang kini juga menjadi magnet pariwisata. Selat Bosphorus mulai ramai menjadi bandar niaga sejak zaman kerajaan Yunani. Jauh sebelum era Byzantium. Di sinilah 2 benua besar, Eropa dan Asia saling berhadapan. Kini, jembatan Bosphorus adalah ikon fenomenal di selat ini karena menghubungkan benua Asia dan Eropa. Tur menyusuri Bosphorus tersedia dalam beberapa jenis. Ada paket dinner cruise, sunset cruise atau bahkan luxury cruise. Nah, selamat menikmati pemandangan indah selama menyusuri selat ini.

47

MAY / 2013


Explore Sultan Ahmed Mosque D

ikenal juga dengan nama Blue Mosque, Masjid Sultan Ahmed dibangun pada sekitar tahun 1609 dan 1616 oleh Sultan Ahmed I di masa Dinasti Ottoman yang mulai menguasai Turki di abad 14. Keramik biru yang menghiasi masjid ini membuatnya kini lebih dikenal dengan sebutan Blue Mosque. Di dalamnya, pengunjung bisa menyaksikan kemegahan interiornya. Bangunan karya arsitek Mehmed Aga ini memiliki 6 buah menara, kubah setinggi 43 meter dengan garis tengah 23 meter dan pilar-pilar beton setebal 5 meter. Selain bisa berwisata, pengunjung juga bisa sekaligus beribadah di sini.

MAY / 2013

48


Shop till you drop in

Grand Bazaar B

elanja! Tentulah satu hal ini tak boleh dilewatkan jika sedang plesiran. Grand Bazaar di Turki adalah salah satu ikon wisata belanja yang paling populer di kalangan turis mancanegara. Meski usia pasar ini sudah lebih dari 500 tahun, tapi hingga saat ini, Grand Bazaar tetap menjadi daya tarik para turis. Bahkan ďŹ lm James Bond – Sky Fall juga mengambil lokasi ini untuk syuting. Meski dulunya adalah pasar tradisional, tapi kini Grand Bazaar sudah sangat nyaman untuk dikunjungi. Interior bangunannya pun dipenuhi ornament khas Turki. Jika sudah lelah berbelanja, mampirlah di kedai-kedai yang ada sambil menikmati segelas teh apel yang khas.

49

MAY / 2013


Hangout in Istiklal Caddesi I

stiklal Caddesi bisa diartikan sebagai Jalan Raya Kemenangan. Ini adalah salah satu pusat keramaian di Istanbul. Kawasan ini berupa pedestrian yang setiap harinya sangat ramai dikunjungi turis. Selain sebagai lokasi belanja, Istiklal Caddesi juga dipenuhi oleh aneka kafe. Selain sebagai tempat kunjungan turis, di sini juga sering dijadikan ajang parade atau bahkan terkadang demonstrasi. Jadi, jika berkesempatan ke Istanbul, mampirlah di Istiklal Caddesi. Sembari berbelanja, Anda juga bisa menghabiskan waktu di kafe-kafe sepanjang jalan sambil menikmati detak kehidupan warga setempat.

MAY / 2013

50


Turkish Bath! TEKS: YUDASMORO FOTO: ISTIMEWA

S

etelah lelah beraktiďŹ tas seharian dengan travelling dan shopping, pilihan terbaik adalah memanjakan tubuh dengan pijat tradisional ala Turki. Dunia mengenalnya dengan sebutan Turkish Bath. Pijat ala Turki ini sebetulnya bukanlah pijat biasa. Secara keseluruhan, Turksih Bath adalah proses relaksasi dan pembersihan tubuh dari kotoran. Mirip dengan sauna di masa kini. Melakukan Turksih Bath ternyata harus melalui beberapa tahapan. Pertama, sang pasien harus masuk ke dalam warm room untuk relaksasi. Ruangan ini dialiri oleh uap panas agar sang pasien bisa berkeringat. Setelah itu proses dilanjutkan dengan masuk ke hot room sebelum membilas diri dengan air dingin. Setelah itu barulah pijatan diberikan. Tahap terakhir adalah melakukan relaksasi tubuh di cold room.

51 MAY / 2013


logb ook : sho p

WILD WIDELY

Bandung memang pusatnya fashion. Widely Project membuktikannya dengan local brand yang trendy.

A

pakah Anda seorang urban fashionista? Cobalah bertandang ke kota Bandung. Widely Project adalah sebuah concept store yang merupakan kolaborasi local brands di mana produk dari store ini bergaya urban and indie.Widely Project pertama kali berdiri tahun 2011.Beberapa brand yang ada di Widely Project antara lain: Tosavica, Satcas, Hunting Fields, Nikicio, KLe, dan masih banyak lagi. Namun ada pun beberapa Interntional brands seperti Melissa, Daniel Wellington, LeSpecs, Minnetonka, dan lainnya. Dengan interor design bernuansa industrial, Widely Project merupakan salah satu concept store yang cukup dikenal di kalangan urban fahionista Bandung. Memasuki store ini terasa berbeda dengan fashion store pada umumnya. Nuansa ruangan yang dirancang dengan nuansa urban style dan berbau industrial membuat pengunjung ikut menjadi bagian dari tren fashion yang sedang populer. Konsep ini sengaja dipilih karena trennya memang sedang diminati dan pertumbuhan local brand yang juga berkembang pesat. Konsep ini juga diinspirasi dari beberapa concept store besar di Asia, Eropa dan Amerika seperti Urban OutďŹ tter, Dover Street Market dan Opening Ceremony. MAY / 2013

52


TEKS: YUDASMORO FOTO: ISTIMEWA

Di beberapa bagian dinding store terdapat mural yang bernuansa seni anak muda. Cocok sekali dengan pengunjung yang menyukai gaya fashion urban dan indie. Widely Project tak hanya menyajikan fashion dalam produk yang ditawarkan. Tapi juga perangkat aksesoris anak muda seperti tas, topi, sepatu dan lain-lain. Ada juga souvenir dan gifts yang tak kalah menariknya. Keunikan lain dari Widely Project adalah tidak men-display produknya dengan gaya konvensional. Tapi juga dengan semangat “pemberontakan� anak muda yang kreatif dan inovatif. Ada beberapa sofa santai yang diletakkan di beberapa sudut store. Jadi, Anda tak perlu terburu-buru dalam mencari produk yang pas.Widely Project dirancang dengan senyaman-nyamannya untuk hunting produk fashion urban dengan santai. Widely Project juga memiliki event regular seperti Boxing Day Sale dan Widely Great Sale yang diadakan selama satu bulan penuh seperti saat Idul Fitri. Kabar gembira bahwa dalam waktu dekat, rencananya Widely Project akan membuka cabangnya di Jakarta.

Widely Project Jl. R.E Martadinata No. 107 Bandung

daily 10am - 10pm

53 MAY / 2013


logb ook : stay

LIVING IN JAVANESE CULTURE Kental dengan nuansa budaya Jawa, Ndalem Ngabean justru menjadi pilihan untuk setting film aksi internasional.

C

onnor Allyn, sang sutradara film Java Heat jatuh cinta pada tempat ini. Ndalem Ngabean mungkin kurang dikenal sebagai tempat penginapan di Yogyakarta. Namun, penginapan yang kental nuansa Keraton ini sudah terdaftar resmi di situs pencari hotel paling populer, agoda.com. Penginapan dengan atmosfir Jawa ini juga sering dikunjungi para turis yang ingin berfotofoto. Bagian depan bangunan terdapat sebuah pendopo besar yang berfungsi juga sebagai ruang serba guna. Selain untuk menyambut para tamu, pendopo juga bisa digunakan untuk acara pernikahan, makan malam atau pemotretan dan syuting film. Java Heat, salah satu film aksi berbau Hollywood karya Connor Allyn juga melakukan syuting di lokasi ini. Bagian tengah kompleks penginapan ini terdapat sebuah rumah adat Kudus yang diberi nama

54 54

MAY AUGUST / 2013 / 2012


Rumah Kudus. Kabarnya, bangunan ini sengaja dibawa dari Kudus untuk diletakkan di kompleks Ndalem Ngabean dengan sistem bongkar pasang. Sehari-hari, bangunan ini berfungsi sebagai tempat solat. Tapi bisa juga digunakan untuk tempat ijab kabul pernikahan.

TEKS & FOTO: YUDASMORO

Kamar-kamar yang terdapat di Ndalem Ngabean terlihat sederhana, bersih dan rapih. Di bagian belakang terdapat sebuah kolam renang dan sebuah gazebo. Sebagai tempat peristirahatan, lokasi ini sangatlah cocok. Menurut pengelola, kebanyakan tamu yang menginap adalah warga asing karena tertarik dengan ornamen Jawa di area penginapan. Sejarah tentang Ndalem Ngabean sendiri sebetulnya tidak pernah diketahui. Menurut pengelola, tidak ada catatan lengkap tentang sejarah bangunan ini. Semua informasi hanya berdasarkan cerita dari warga lokal. Konon, awalnya, Ndalem Ngabean adalah rumah milik adik dari Sri Sultan Hamengkubuwono VII yang bernama Gusti Ngabean. Saat itu kompleks ini dihuni oleh para abdi dalem Keraton. Saat zaman Orde Baru, Ndalem Ngabean diambil alih oleh pengusaha Probo Sutedjo dan kemudian kembali mengalami peralihan kepemilikan ke pihak lain. Saat itulah Ndalem Ngabean mengalami renovasi besar-besaran dan beralih fungsi menjadi penginapan.

wiďŹ Restaurant (lunch only) Swimming pool Ndalem Ngabean Jalan Ngadisuryan nomor 6, Yogyakarta. T: 0274-419199

Mulai

Rp 450.000,per malam

AUGUST MAY/ /2012 2013 5555


logb ook : dine

RIPPED THE RIBS M Di tengah kota yang terkenal dengan kuliner pempek, Dapur Iga justru menawarkan menu berbahan dasar iga yang lezat.

eski terkenal dan identik dengan kuliner pempek dan tekwan, jenis makanan baru seperti iga bakar ternyata juga digemari di Palembang. Rumah Makan Dapur Iga yang terletak di Jalan Angkatan 45 No 1064, Palembang ini meski baru beroperasi dari bulan Juni 2012 lalu, tapi sudah mulai digemari masyarakat. Menu yang disajikan Dapur Iga adalah campuran dari kuliner barat, Indonesia dan Asia. Untuk menu Indonesia, Anda akan dipuaskan oleh menu-menu seperti Iga saus Padang, Iga Saus Ndeso, Iga Saus Tuturuga dan Iga Saus Woku. Sedangkan menu barat tersedia Iga Bakar Saus Barbeque, Lada Hitam dan Madu. Sedangkan untuk menu Asia bisa mencoba Iga Bakar Saus Oriental. Nanda, pemilik rumah makan ini juga bereksperimen dengan beberapa menu seperti Iga Bakar Saus Legi, yaitu iga bakar yang dimasak dengan bumbu saus buah leci lengkap dengan buah lecinya. Percampuran rasa daging yang khas dengan manisnya buah leci akan menciptakan sensasi tersendiri di lidah Anda. Ada juga Iga Bakar

MAY / 2013

56


Saus Salju yang menyajikan daging iga yang ditaburi dengan parutan keju dan saus manga yang menggigit. Ada juga Iga Bakar Saus Kari yang dilumuri kuah kari kuning yang kental. Soal rasa, menu-menu tersebut pastinya sensasional.

TEKS & FOTO: YUDASMORO

Selain berkonsentrasi dengan menu berbahan dasar iga, Dapur Iga juga menyediakan beberapa alternatif menu lain seperti Ikan Steam Bawang, Ikan Saus Woku, Ayam Gulas dan Oriental Chicken. Untuk selingan, silahkan coba juga snack berupa Onion Ring dan Fish Fingers. Awalnya, menu iga adalah sesuatu yang baru bagi masyarakat Palembang. Dapur Iga pun laris manis. Namun karena tak tersedia banyak pilihan menu, pengunjung pun mulai menurun. Akhirnya Nanda tertantang untuk memberikan varian baru soal menu. Kini selain menu iga bakar, hadir juga menu lain seperti Tom Yam Iga dan Pindang Iga yang dipadukan dengan hidangan khas Palembang.

Dapur Iga Jalan Angkatan 45 no 64 www.dapuriga.com

10.00 – 22.00 setiap hari

Rp 14.000 – Rp 47.000

menikmati hidangan iga dengan harga terjangkau dan suasana santai

57 MAY / 2013


uniq ue lodg e

Cool Controversy Inovasi dan kreatiďŹ tas yang menyulap barang bekas menjadi penginapan berkelas.

S

iapa bilang barang bekas sudah tak bisa dipakai lagi? Dengan kreatiďŹ tas dan kejelian untuk memanfaatkan barang bekas, Controversy Tram Inn di Hoogwoud, Belanda berhasil menyulap barang-barang bekas menjadi sebuah penginapan berkelas. Tidur di kereta api? Hal ini rasanya biasa saja terjadi, apalagi bagi Anda yang akrab bepergian dengan kereta. Namun bagaimana bila menginap di hotel dengan konsep gerbong kereta api? Controversy Tram Inn, penginapan unik dengan objek daur ulang terbesar menggunakan gerbong kereta sebagai kamar tidurnya. Penginapan yang diresmikan pada tahun 2011 ini memiliki fasilitas hotel pada umumnya di setiap kamarnya. Ada kulkas, dapur kecil dan perlengkapannya, perabotan peninggalan dari kereta, bagian-bagian mobil yang dijadikan perabotan dan dekorasi dari lampu lalu lintas. Ide kreatif ini datang dari sang pemilik, Frank dan Irma. Mereka membuat penginapan ini dikenal

MAY / 2013

58


TEKS: IVANA FEDORA FOTO: ISTIMEWA

oleh masyarakat luas sebagai penginapan yang tak biasa. Mobil diubah menjadi Jacuzzi. Gerbong kereta pun menjadi kamar. Jangan harap ada spring bed konvensional untuk merebahkan badan. Tempat tidur di sini dibuat dari perahu bekas. Untuk orang lain, tanda dilarang parkir mungkin hanya pantas berdiri di pinggir jalan. Tapi dengan inovasi untuk mendaur ulang, Frank dan Irma mengubahnya menjadi sebuah meja untuk restoran hotel unik ini. Washtafel dalam gerbong kereta ini juga berasal dari ban yang tidak terpakai. Keunikan semakin terasa ketika berendam di topi Meksiko berukuran raksasa yang penuh dengan warna. Controversy Tram Inn menyediakan dua macam penginapan yaitu train dan tram. Untuk tram tersedia dalam tiga tema yaitu Italia, Perancis dan Inggris-Amerika. Tema Inggris-Amerika tersedia dengan kapasitas empat orang yang disebut dengan little family tram. Selain berfungsi sebagai tempat penginapan, Controversy Tram Inn juga bisa dikunjungi para wisatawan untuk sekedar

berfoto. Keunikan konsep hotel ini memang berbeda dengan hotel lainnya. Berbeda dengan hotel lain yang biasanya terletak di tengah kota, hotel ini justru terletak di daerah peternakan, lengkap dengan hewan-hewan ternak yang berseliweran di sekitarnya.

Mulai

â‚Ź. 40,00

per malam Bar Late Night Lounge Day Spa Meeting Room Streetside CafĂŠ Parlourlane Roasters

Controversy Tram Inn Koningspade 36 1718 MP Hoogwoud, Netherlands T: +31 226 355 171

59 MAY / 2013


tech gee k

THE BEST OF XPERIA Ponsel pintar yang tak takut dengan air dan debu. ony Xperia Z hadir menjadi produk paling mutakhir yang diperkenalkan oleh vendor raksasa dunia, Sony Mobile. Kehadiran berbagai teknologi yang beragam membuat Sony terus melakukan inovasi. Smartphone terbaru kali ini siap meramaikan pasaran elektronik. Didukung prosesor quad core 1,5 GHz dan sistem operasi Android versi 4.1 Jelly Bean membuat performa smartphone ini semakin lincah dan optimal. Untuk mengimbangi, Sony Mobile juga membekalinya dengan sebuah RAM berkapasitas 2 GB. Dalam menemani aktifitas Anda yang padat, gadget baru ini dapat dipastikan akan mampu mendukung secara optimal. Layar sentuh HD penuh sebesar 5” juga memiliki kerapatan piksel sangat tinggi, gambar tajam dan kecerahan yang unggul. Dengan jangkauan warna yang lebih luas, Anda akan mendapatkan tampilan detail dan dalam warna yang hidup. Perpaduan software Sony terbaru dengan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ S4 Pro yang bertenaga

MAY / 2013

60

mempermudah Anda dalam menjalankan banyak aplikasi bersamaan. Daya baterai 2.330 mAh plus perpaduan software canggih akan memberikan kecepatan yang maksimal tanpa memboroskan baterai. Dilengkapi Fitur Battery Stamina Mode membuat daya tahan baterainya empat kali lebih lama, sehingga Anda tidak perlu men-charge baterai berkali-kali dalam sehari. Balutan kaca panel di belakang ponsel memunculkan kesan elegan dalam tubuh ponsel dengan ketipisan 7,9 mm yang ditawarkan dalam tiga warna yaitu hitam, putih dan ungu. Bagi pecinta kegiatan outdoor, Anda tak perlu khawatir lagi. Ponsel ini sudah dilengkapi dengan sertifikat IP55 sebagai ponsel anti air. Selain itu, ponsel ini juga mendapat predikat sebagai ponsel anti debu. Tentunya merupakan pilihan yang tepat untuk menemani para traveler dalam keadaan apapun.

TEKS: IVANA FEDORA

S

Rp 7H.4arga: 00.000


gamees & list gam & list enen

B

Switch and match your puzzle candies!

Rating:

egitu populernya permainan ini sampai tampil di video klip terbaru Psy “Gentleman”. Permainan keluaran King.com ini menjadi populer di kalangan pengguna smartphone dan Facebook. Candy Crush Saga merupakan permainan klasik “match three” yang tampil manis dengan permen enam warna yang berbeda-beda dan membawa Anda seakan-akan hidup di dunia permen. Mungkin terlihat mudah, tapi diperlukan kecermatan. Di tiap levelnya Anda harus mampu menuntaskan beberapa ketentuan.

Seperti harus membuang semua jelly, menjatuhkan semua ingredient yang ada atau mengumpulkan score di atas minimal. Sangat besar kemungkinan untuk mengulangi level karena Anda hanya diberikan lima kesempatan di tiap levelnya. Untuk mendapatkan kesempatan lagi, Anda harus menunggu beberapa waktu atau mengirimkan pesan kepada teman Anda sesama pemain. Permainan ini tersedia lebih dari 100 level, semakin tinggi levelnya tentu semakin diperlukan kecermatan.

FREE Android Apple

To Be Loved Artis: Michael Buble Rilis: 2013

K

Apakah sang bintang rock ini sudah berhasil berdamai dengan masa lalunya? Album ini jawabannya.

Rating:

MAY / 2013

62

ualitas musik Michael Buble tentu tidak perlu diragukan lagi. Siapa yang tak tahu lagu “Home”? Salah satu hits andalan Michael Buble pada album “It’s Time”. Kini, ia kembali dengan album baru “To Be Loved” dengan ciri khas-nya yang jazzy. Album ini Buble mengangkat tema seputar cinta, kebahagiaan, keseruan dan berbagai hal yang menyenangkan hatinya. Single pertamanya “It’s A Beautiful Day” terdengar fun dengan sentuhan gaya pop modern. Cover version lagu milik The Bee Gees dengan sentuhan

jazzy bisa didengar di lagu “To Love Somebody” yang dikemas dengan nuansa vintage. Selain berisi 4 lagu baru dimana Buble sendiri yang menjadi co-writernya, album ini juga berisi beberapa lagu cover seperti “Who’s Loving You” milik Jackson Five, “To Be Loved” milik Jackie Wilson, termasuk “To Love Somebody” ini. Buble pun mengajak Reese Witherspoon untuk berkolaborasi ditemani piano di lagu cover “Something Stupid”. Sementara di nomor ballad, “Close Your Eyes” terdengar suara Buble yang menyayat hati.


sce ne & read

Java Heat Sutradara: Conor Allyn Pemain: Kellan Lutz, Ario Bayu, Atiqah Hasiholan, Mickey Rourke, Rio Dewanto Durasi: 100 menit

D

alam keadaan diborgol di ruang interogasi kepolisian, Jake mengaku sebagai Asisten Dosen asing yang baru saja selamat dari ledakan bom. Tapi Hashim, seorang detektif dari kesatuan Densus 88, menaruh kecurigaan terhadap Jake. Jake menjadi salah satu saksi kunci serangan bom bunuh diri pada sebuah pesta amal di mana Sultana. Kejadian demi kejadian membuat Hashim semakin menaruh kecurigaan terhadap Jake. Ketika mobil polisi diserang komplotan teroris, Jake menyelamatkan nyawa Hashim. Di saat ini Jake

menunjukkan kemampuan memegang senjata yang tidak mungkin dimiliki oleh seorang Asisten Dosen. Dengan masih diliputi keraguan, Jake dan Hashim terpaksa bekerja sama. Jake mengetahui rahasia tentang Malik, pencuri perhiasaan yang diincar Jake dan sekarang sedang berada di tanah Jawa. Pertarungan semakin memanas dan puncaknya terjadi di Perayaan Waisak di Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia dan salah satu keajaiban dunia. Java Heat merupakan salah satu film dengan kombinasi dua kultur yaitu Barat dan Timur.

Soul Travel in Baduy Pengarang: Eni Martini Penerbit: Elex Media Komputindo

Harga: Rp 28.800

TEKS: IVANA FEDORA

B

aduy dikenal dengan adatnya yang cukup kuat. Menjangkaunya juga harus melalui rute yang cukup menantang. Masyarakat Baduy membangun kehidupannya di tiga desa di Propinsi Banten, yaiitu: Cikeusik, Cibeo, dan Cikartawana. Eni Martini melalui bukunya, Soul Travel in Baduy ini mencoba untuk mengeksplor lebih dalam tentang kehidupan masyarakat yang dikenal teguh memegang adat itu. Eni juga menceritakan secara detil bagaimana hukum adat berlaku,

sistem pemerintahan hingga urusan mencari jodoh di kalangan warga Baduy Dalam. Kisah-kisah mistis juga tak luput dari sorotan penulis yang sudah malang melintang berkarya di beberapa majalah dan menulis buku ini. Bagi para penyuka petualangan dan pecinta budaya Indonesia, buku ini wajib untuk dimiliki karena begitu jelas mengupas apa saja yang ada di dalam kehidupan warga Baduy. Tak ketinggalan juga aneka kuliner yang menjadi ciri khas desa ini.

63 MAY / 2013


travel note s

PLAY TIME! Dunia bermain memang tak cuma milik anak-anak. Di Legoland, balok-balok lucu ini menembus batas usia. Para orang tua pun ketagihan.

64 64

MAY AUGUST / 2013 / 2012


APRIL MAY/ /2012 2013 65 65AUGUST


S

iapa yang tak ingat mainan Lego? Balok warnawarni bongkar pasang yang sangat unik dan digemari semua kalangan. Begitu mendengar bahwa Theme Park Legoland telah hadir di Johor Bahru, saya langsung menyiapkan rencana untuk mengunjunginya. Harga tiketnya cukup terjangkau. Saya menjangkaunya dari negeri tetangga, Singapura. Karena saya tinggal di daerah Bugis, jadi saya tak perlu repot mencari bus ke Johor Bahru. Di sini tersedia bus yang mengantar saya ke kota tempat Lego Land berada. Ongkosnya pun tak mahal. Cukup dengan $ 2,4 (Dollar Singapura) saja saya MAY / 2013

66

sudah bisa mencapai perbatasan Johor Bahru. Dari situ, saya melanjutkan perjalanan ke Johor Bahru Mall dan melanjutkan lagi ke Legoland dengan tarif cuma RM 4. Sangat terjangkau! Legoland menyambut saya dengan cuaca yang amat panas. Saya terpaksa mengenakan sun block dan kaca mata hitam untuk meredam silaunya sinar matahari dan panasnya sengatan sinarnya. Hari itu rupanya saya harus bersenang-senang dengan cuaca yang amat menyengat. Hiburan pertama yang saya temui adalah patung seorang pria yang berdiri di dekat toilet sambil


menunjuk arah toilet berada. Tentu saja patung ini terbuat dari balok-balok Lego yang melegenda itu. Meski ini hanya patung penunjuk arah toilet, tetap saja ini adalah objek menarik yang bisa jadi pasangan saya untuk berfoto narsis. Arena Legoland sendiri terbagi menjadi 7 bagian yang masing-masingnya menyajikan atraksi menarik. Sayang rasanya jika dilewatkan begitu saja. Arena pertama yang saya masuki adalah Lego City. Seusai dengan namanya. Saya menemukan banyak hal menarik di sini. Sebuah kehidupan dan rutinitas sebuah kota yang ditransformasi menjadi sebuah susunan balok-balok Lego yang ceria. Ada permainan mobil

bom bom car dan perahu yang berbentuk balok Lego dan dapat dikendarai. Arena berikutnya adalah Lego Technic. Di sini saya bisa sedikit menguji adrenalin saya karena tersedia berbagai macam arena permainan yang lebih seru. Technic Twister membuat saya sedikit pusing berputar-putar. Aquazone Wave Racers cukup membuat saya merasakan adu kecepatan di atas air. Dan Project X membuat saya cukup puas merasakan adrenalin permainan roller coaster. Atraksi ini memang dirancang untuk keamanan anak-anak. Tapi bagi saya, cukup membuat jantung berdebar juga.

67

MAY / 2013


Selanjutnya saya seolah masuk ke lorong waktu. Arena Lego Kingdoms membawa saya masuk ke abad pertengahan Eropa. Ada kastil, ornamen kerajaan Eropa kuno lengkap dengan gambargambar legenda naga. Ingin kembali menantang adrenalin, saya menjajal kembali sebuah roller coaster yang berbentuk naga. Arena Imagination kemudian membawa saya ke puncak tertinggi untuk menikmati pemandangan seluruh Theme Park Legoland dari Observation Tower. Setelah itu, menyaksikan tontonan 4D adalah pilihan yang wajib. Kalau Anda membawa anak-anak, pastikan mereka ikut bertualang menggunakan kereta api dengan Duplo Express. Atau cobalah Kids Power Tower. Selain bisa membuat lebih kompak dengan keluarga, atraksi ini juga cukup menantang adrenalin buat si kecil. Jiwa petualang saya kemudian tertantang saat memasuki Arena Land of Adventure. Serunya tembak-tembakan menggunakan laser membuat saya sedikit berandai-andai menjadi Storm Troopers dalam ďŹ lm Star Wars. Dino Island kemudian membuat saya nyaris basah kuyup karena di arena MAY / 2013

68


ini saya harus meluncur dengan menggunakan perahu kecil dari air terjun yang cukup tinggi. Masih ada beberapa tantangan seperti Beetle Bounce dan Pharaoh Revenge. Sayangnya, stamina saya tak mendukung lagi. Sebagai penutup, saya mengakhiri petualangan di negeri balok ini dengan menyaksikan Miniland. Sebuah miniatur negara yang dirakit dengan balok-balok Lego. Tingkat kerumitannya sangat tinggi. KreatiďŹ tasnya pun tak main-main. Ole Kirk Christiansen (pencipta Lego) tentu tak menyangka bahwa karyanya yang di zaman depresi Eropa dulu nyaris bangkrut, kini menjadi masyur dan menjadi salah satu magnet wisatawan dunia. Eko Andi P. eko.gd87@gmail.com getaway! menerima cerita perjalananmu. Kirim tulisan sekitar 400 kata dengan foto resolusi tinggi (300px) serta keterangannya ke getawaymagz@gmail.com

69

MAY / 2013


love trib e indo & cult nesure ia

7070

MAY AUGUST / 2013 / 2012


HOLY NIGHT

Malam di Borobudur menjadi berbeda. Langitnya dipenuhi cahaya lampion. Lantunan kidung terus mengalun. Malam Suci Waisak telah tiba.

2013 7171AUGUSTMAY/ /2012


QUICK!FACTS fondasi paling bawah Borobudur sengaja ditimbun karena mengandung relief yang dianggap vulgar

M

atahari yang dinanti tak kunjung muncul. Ia rupanya lebih suka bersembunyi dalam mendung. Pengunjung yang sudah mendaki sedari subuh, atau bahkan mendirikan tenda semalaman, mengeluh kecewa. Ada yang lebih berkuasa di sini. Wisatawan sejauh apapun asalnya tak akan memberi pengaruh. Punthuk Stumbu menjadi tujuan wajib saat orang-orang datang ke Borobudur untuk turut menyaksikan prosesi Waisak. Beberapa wisatawan memang pernah beruntung saat mendapatkan momen matahari terbit yang benar-benar spektakuler dari atas bukit ini. Di mana matahari mulai menyemburkan bias kekuningan, kabut masih melayang tipis, hingga tiba saatnya puncak Borobudur terlihat mulai menyembul. Menimbulkan sensasi gambaran monokrom yang magis. Saya dan kawan-kawan segera turun dari bukit Punthuk Stumbu. Anggap saja tadi berolahraga pagi sebelum mengikuti keseluruhan prosesi Waisak. Borobudur adalah salah satu candi yang digunakan umat Buddha untuk merayakan hari kelahiran dan kematian Budha Gautama. Di Mojokerto, perhelatan serupa biasa digelar di kompleks Candi Brahu, tentu saja dalam skala umat Buddha yang MAY / 2013

72

lebih sedikit. Prosesi Waisak di Borobudur biasanya dimulai dari pengambilan air suci di Umbul Jumprit, Temanggung dan api alam dari Grobogan untuk kemudian diletakkan di Candi Mendut. Kedua ritual ini dilaksanakan jauh-jauh hari sebelum berlangsungnya Waisak. Pada hari H Waisak, prosesi pertama yang dilakukan adalah Detik Suci di Candi Mendut. Setiap tahun selalu ada perubahan waktu Detik Suci. Selanjutnya, mereka akan berbondong berjalan menuju Borobudur yang terletak sekitar 3 km dari Mendut. Di Borobudur sendiri sudah tersedia petak-petak tenda untuk pemuka agama dan para pengikutnya. Mereka akan melanjutkan prosesi ibadah sembari menunggu Pradaksina di malam hari. Tak hanya dari Indonesia, banyak pula Biksu dan Bikuni yang datang dari seputaran negara-negara Asia Tenggara. Bahkan dari Atap Dunia, Tibet. Saya terkesiap ketika mampir ke tenda para Biksu berpakaian merah itu. Mereka membawa serta alat musik tradisional yang dibunyikan disela-sela melantunkan kidung parita. Rupanya tiap-tiap tenda memang memiliki ciri khas dan tata cara masing-masing.


TEKS & FOTO: DWI PUTRI RATNASARI

Menjelang malam, seluruh umat mulai memadati pelataran utama Borobudur. Waisak rupanya membuat Borobudur lebih cantik dari biasa. Ada deretan obor yang menyala di sekelilingnya. Ada sorot lampu yang mengarah pada stupa-stupa. Apalagi sudah tak ada manusia satu pun yang sedang berada di area candi. Ritual Pradaksina dimulai dengan membaca doa-doa. Saya mendengar para pemuka agama menyisipkan keinginan agar langit tak mendung sehingga turunnya hujan bisa ditunda sampai selesai prosesi. Pradaksina merupakan ritual mengelilingi tempat yang disucikan oleh umat Budha, dalam hal ini adalah candi Borobudur. Mereka bersama-sama dipimpin pemuka agama akan menyalakan lilin dan mengitari Borobudur sembari terus merapal doa dalam hening dan kekhusyukan. Dalam temaram gelap seusai Pradaksina, seluruh umat dan pengunjung akan bersama-sama menerbangkan lampion yang berisi berbagai harapan. Selain

momen matahari terbit, bagi saya, pelepasan lampion adalah atraksi utama di Borobudur. Membuat bulu kuduk saya berdiri seketika. Tak pernah ada larangan bagi siapapun untuk berkunjung ke Borobudur saat Waisak. Warga kampung sekitar candi menggunakan momen tersebut untuk piknik keluarga. Namun, perlu diingat bahwa umat Buddha yang datang dan beperjalanan dari jauh ke Borobudur semata-mata untuk beribadah. Diperlukan toleransi tinggi dan kesadaran masing-masing agar tidak mengganggu jalannya prosesi. Bagi para pemegang kamera juga sebaiknya menghormati umat Buddha dan pemuka agama, misalnya dengan tidak menyalakan ash. Banyak alasan untuk berkunjung di Borobudur saat Waisak. Sebagai pemuas rasa penasaran, atau sengaja menikmati kesakralan prosesi. Sekedar menenangkan diri sejenak di bawah pendar purnama, sembari mendengarkan lantunan harapan untuk Bumi dan isinya.

73

MAY / 2013


love indo nes ia

PA L A N G K A R AYA Pernah mengemban cita-cita besar Presiden Soekarno untuk dijadikan ibukota negara, Palangka raya kini justru seolah meredup.

P

alangka Raya memang tak setenar kota-kota lain di Indonesia soal objek wisata. Kota ini jarang masuk dalam check list kunjungan turis saat liburan tiba. Tapi di balik ketidakpopulerannya di mata turis lokal, Palangkaraya sebetulnya menyimpan kekayaan wisata dan sejarah yang amat tinggi nilainya. Jangan terkejut bila turis-turis asing justru banyak yang jatuh cinta pada kota ini. Saya memulai petualangan saya di ibukota Kalimantan Tengah ini dari hal yang paling menarik, yaitu kuliner. Tiba pada siang hari, rumah makan yang menyediakan masakan khas Dayak di Kalimantan Tengah langsung menjadi pilihan saya. Nama nya RM. Samba, berlokasi di Jalan RTA Milono di dekat daerah Bundaran Besar. Menu andalan yang saya pesan adalah ikan jelawat bakar dengan sayur rebung yang dimasak dengan santan berbumbu. Sambal pedas berbahan serai menjadi pelengkap lainnya. MAY / 2013

74


Usai makan siang, saya langsung menuju sebuah miniatur rumah Betang khas suku Dayak di Jalan D.I Panjaitan. Meski bukan merupakan rumah Betang asli buatan suku Dayak pedalaman, namun rumah milik pemerintah setempat ini mampu mewakili bentuk aslinya. Di samping bangunan utama terdapat beberapa patung khas Dayak berwujud manusia. Setiap patung memiliki tampilan yang berbeda. Ukurannya pun tak sama. Di sudut lain saya menjumpai sebuah rumah kecil bernama Sandung. Kompleks replika rumah Dayak ini bernama Mandala Wisata. Kini berfungsi untuk menggelar kesenian budaya Dayak secara berkala, serta mengenalkan pada siapa pun tentang keunikan rumah Betang. Saya melanjutkan perjalanan ke Tugu Soekarno di depan kantor DPRD Provinsi Kalimantan Tengah. Tugu yang berbentuk seperti bambu runcing tersebut merupakan situs sejarah yang pernah dibangun Presiden Soekarno. Tujuannya adalah sebagai tanda mulai di bangunnya Palangka Raya dari nol. Sejarah mencatat bahwa Soekarno pernah merencanakan sebuah grand design terhadap Palangka Raya untuk dijadikan ibukota negara. Para insinyur asing pun didatangkan demi membangun cita-cita besar ini. Namun sayang, pergolakan politik membuyarkan semua rencana besar presiden pertama Indonesia itu. Jejak-jejak pembangunan untuk rencana ibukota pun sirna. Infrastruktur terbengkalai.

75

MAY / 2013


Grand design Palangka Raya pun seolah terkubur waktu. Tak menyisakan apa pun kecuali tugu yang ada di hadapan saya ini. Tak jauh dari tugu, saya mendapati sebuah dermaga kayu. Disana telah menunggu kapal wisata susur sungai Kahayan yang dikelola oleh dinas wisata setempat. Namanya KM Lasang Teras Garu. Dengan hanya Rp 75 ribu saja, saya bisa menikmati petualangan menyusuri salah satu sungai terpenting di Palangka Raya ini. Rute pertama kapal adalah persimpangan antara Sungai Kahayan dan Sungai Rungan. Perjalanan sekitar 1 jam lebih. Bangunan kokoh bernama Jembatan Kahayan menyambut perjalanan kapal saya. Kiri-kanan sungai disuguhi pemandangan hutan tropis khas Kalimantan. Sesekali saya berselisih dengan klotok kecil milik warga di sekitar Sungai Kahayan. Umumnya klotok-klotok tersebut digunakan warga untuk mencari ikan air tawar yang banyak dijumpai di Kahayan. Diantaranya ikan baung, ikan lais, ikan patin sungai, ikan tapah hingga jelawat yang terkenal lezat.

MAY / 2013

76

Setibanya di persimpangan Sungai Kahayan dan Sungai Rungan, kapal berbalik arah. Disanalah terdapat situs sejarah berupa Tajahan. Namanya Tajahan Tjilik Riwut. Tajahan merupakan lokasi keramat yang sangat disucikan oleh suku Dayak khususnya yang berkeyakinan Kaharingan. Jika mempunyai keinginan yang ingin dikabulkan, warga Dayak biasanya menaruh kain kuning dan sesaji di Tajahan. Saya kembali ke kota, lalu mencari tumpangan umum ke dermaga Tangkiling. Dari situ, saya menyewa klotok kecil bermesin menuju Pulau Kaja. Sebuah pulau di tengah Sungai Rungan yang isinya adalah habitat orang utan dengan lanskap hutan khas Borneo. Tarif sewanya Rp. 150.000 untuk perjalanan pergi pulang. Pulau Kaja memang tak sepopuler Taman Nasional Tanjung Puting di Pangkalan Bun. Namun bagi yang tak punya cukup banyak waktu, Pulau Kaja adalah alternatif terbaik. Di sini saya bisa menyaksikan habitat orang utan lengkap dengan “rumah� aslinya. Hari berikutnya saya melanjutkan petualangan ke Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng.


Letaknya sekitar 30 menit dari kota. BOS Nyaru Menteng merupakan pusat rehabilitasi orangutan. Sebagian orangutan hasil sitaan dari pemilik illegal atau orangutan yang sakit gara-gara kerusakan hutan akan diambil alih dan di rawat di sini. Jadi, ini semacam panti perawatan untuk primata tersebut. Sebelum siap dilepas ke hutan asli, hewan ikonik asal Borneo ini harus dilatih dan dibina di BOS Nyaru Menteng. Lokasi ini hanya buka untuk umum pada hari Minggu saja.

TEKS: NASRUDIN ANSORI FOTO: NASRUDIN ANSORI, BORNEO-LOVERS.BLOGSPOT.COM

Ada lokasi terkenal yang cocok menikmati akhir petualangan saya di Palangka Raya. Yaitu di sepanjang Jalan Yos Sudarso. Ini merupakan salah satu jalan besar di kota Palangkaraya. Di kiri-kanan nya terdapat kafe-kafe tenda yang menjual beragam kuliner. Saya memesan nasi goreng seafood dengan jus alpukat sebagai pelengkapnya. Musik akustik di pojok kafe mulai dimainkan. Mengiringi malam terakhir saya di kota yang nyaris saja menjadi ibukota negara ini.

Bandar Udara Soekarno Hatta – Bandar Udara Tjilik Riwut Garuda Indonesia Lion Air Sriwijaya Air

Swiss-Bell Hotel Danum Jl. Tjilik Riwut km 5. No 9 T: (62 536) 323 2777

RM.Kampung Lauk, Jl .Trans Kalimantan arah Gunung Mas Warung-warung tenda Jl. Yos Sudarso (malam hari) RM. Pelangi Jl. Dr murjani palangkaraya

Pasar Batam

Hotel Batu Suli Internasional Jl Raden Saleh No 4 T: (0536) 322 6535 Aquarius Boutique Hotel Jl Imam Bonjol No 5 T: (0536) 322 0565

77

MAY / 2013


won der ful wor ld

THE CUTE SUN BEAR S

Pemeliharaan beruang madu yang semakin langka ini dilakukan dengan enklosur di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup, Balikpapan. Anda akan diajak untuk mengenal lebih dalam tentang beruang madu di wilayah seluas 1,3 hektar ini.

MAY / 2013

78

QUICK!FACTS beruang madu enggan bereproduksi jika wilayah tinggalnya terus diganggu dan menyusut

Atau Anda juga bisa menyumbang atau adopsi lewat www.beruangmadu.org atau mendatangi Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup di Balikpapan.

TEKS: IVANA FEDORA

iapa bilang beruang harus selalu besar dan menakutkan? Beruang Madu merupakan jenis beruang dengan ukuran terkecil di dunia dengan panjang hanya mencapai 1,40 meter. Hewan yang menjadi maskot kota Bengkulu dan Balikpapan ini merupakan salah satu satwa langka yang dilindungi. Keberadaannya di alam bebas kini kian sulit ditemukan. Pemilik nama latin Helarctos Malayanus ini bertubuh hitam legam dengan sedikit bulu-bulu putih kekuningan berbentuk “V� di bagian dadanya. Mulutnya berwarna lebih cerah dari warna badannya. Makanan kesukaannya adalah sarang lebah sehingga beruang terkecil ini dinamakan Beruang Madu. Mungkin Anda akan teringat tokoh kartun Winnie the Pooh.


getaway

Reading points

Senayan City: Café Bon Francais Brew House Café Oh La La Chatter Box Cold Stone D’Excelso D’Glam Dairy Queen Express Thai Fitness First Foodism Gelato Bar Han Gang Head Quarter Johnny Andrean Jittlada Lu’vaze Ming Village Pizza Marzano Pizza Hut Soho Starbucks Sushi Tei Takigawa Tator

Potato Head Pancious Secret Recipe Starbucks Coffee

E Corner Kopi Luwak Daily Bread Qbox

Plaza Senayan: Café Oh La La Coffee Club Din Tai Fung Johnny Andrean Kafe Victoria Lu Vaze Paxi Barbershop Peter F Saerang Pizza Hut Starbucks Toni & Guy

Pondok Indah Mall 1 – 2: Café Oh La La Celebrity Fitness Chopstick Fish & Co Kafe Regal PHO 2000 Red Tomato Sapo Oriental Sour Sally Starbucks

Pasific Place: Bengawan Solo Coffee Café Bon Francais Coffee Club Coffee World Kopi Luwak Liberica Coffee

Epicentrum: 4 Fingers Comic Café Kafe Betawi Talaga T-Grill Starbucks Coffee

Cilandak Town Square: D’ Palace Dome Frankfurter Mangkok Putih Mister Bean Score Starbucks

Setiabudi One: Amadeus Starbucks Coffee Chatterbox Coffee World Sushi Groove Pizza e Birra Anomali Coffee Kafe Betawi Dapur Sunda Mangkok Putih Pisa Café & Ice Cream Frankfurter Mr. Pancake Plaza Indonesia: Bakerzin

Bistro Baron Café de Excelso Chatterbox Dante Coffee Shop De Excelso Family Café Gelare Ice Cream Café Heavenly Blush La Maison Kopi Luwak Lamoda Café Kafe Betawi Mister Bean Coffee Pancious Pizza e Birra QQ Kopitiam Saint Cinnamon Secret Recipe Spinelli Coffee The Coffee Bean Mall Kelapa gading: Aji Sen Ramen Food Sensation Celebrity Fitness Charmy Taiwan Noodles D’Exelso Dante Coffee Honey Moon Dessert Peter F. Saerang MM Juice Solaria Starbucks Sushi Groove The Coffee Bean Yakun Kaya Toast

Subscribe now by filling out this form: Name: ............................................................................ Address: ........................................................................ ....................................................................................... City / State / ZIP: ........................................................... E-mail: ........................................................................... Phone (Home): .............................................................. Phone (Mobile): ............................................................ Subscription package Jakarta 6 issues

Bodetabek

Luar Jabodetabek

[ ] Rp. 150.000,- [ ] Rp. 162.000,- [ ] Rp. 168.000,-

12 issues [ ] Rp. 250.000,- [ ] Rp. 324.000,- [ ] Rp. 336.000,*mark your selection with [ x ] PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +622134834177, +622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com

2013 79 79AUGUSTMAY/ /2012


dire ctor y

Four Seasons Resort Bali at Sayan Ubud, Bali 80571 T: +62 361 977577 F: +62 361 977588 www.fourseasons.com/sayan Widely Project Jl. R.E Martadinata No. 107 Bandung Ndalem Ngabean Jalan Ngadisuryan nomor 6, Yogyakarta. T: 0274-419199

Dapur Iga Jalan Angkatan 45 no 64 www.dapuriga.com Controversy Tram Inn Koningspade 36 1718 MP Hoogwoud, Netherlands T: +31 226 355 171

MAY / 2013

80


81 AUGUST / 2012


AUGUST / 2012

82


Getaway! May 2013 Issue