Issuu on Google+


Jika anda mempunyai masalah dengan anak anda, kirimkan keluhan anda melalui surat ke “ Redaksi KEJORA ”, Jl. Bromo 24 Malang 65112 dan cantumkan juga “Rubrik Konsultasi” di pojok kiri atas amplop.

Redaksi Kejora yang terhormat, saya adalah nenek dari 2 cucu saya yang masih kecil-kecil. Anak saya adalah ibu dari cucu-cucu saya. Selama ini anak saya sering mengeluh dengan sikap cucu saya. Memang cucu saya bisa dibilang nakal dan kebetulan juga mereka semua laki-laki. Jadi untuk mengendalikannya perlu dengan sedikit “keras” (menjewer, memukul, dan mencubit). Namun sikap cucu saya yang besar ini aneh lama-lama dia seperti kebal dengan “kekerasan” yang dilakukan ibunya. Paling reaksinya hanya “aduh” begitu saja. Menurut saya ini aneh. Padahal kalau saya lihat, “kekerasan” yang dilakukan anak saya sudah keterlaluan. Saya sudah berusaha mengingatkan, tapi cucu saya kadang menjengkelkan. Mohon saran atas masalah saya ini?untuk informasi, cucu saya yang besar TK B dan cucu saya yang kecil Play Group. Ibu NN, Lumajang.

Ibu NN yang terhormat, Anda telah melihat dan mengalami sendiri hidup bersama anak dan cucu Anda. Dan saya yakin Anda tentu menyayangi mereka semua. Anda sedih melihat dan mendengar keluhan anak Anda. Begitu juga saat Anda melihat penderitaan cucu – cucu Anda, yang menurut Anda nakal. Namun di lain pihak Anda juga prihatin dengan kekerasan yang dilakukan oleh anak Anda pada mereka. Harus kami akui, Anda termasuk seorang Oma yang perhatian pada mereka. Anda terkejut ketika melihat cucu pertama Anda dicubit. Inilah saatnya Anda berbuat untuk menyelamatkan mereka semua. Kami akan mencoba merumuskan beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan berikut ini : 1.Selalu ingatkan mereka untuk saling menyayangi dan menghormati 2.Nasihati anak Anda agar lebih sabar kepada anak – anak. Katakan padanya bahwa kenakalan anak-anak adalah proses hidup untuk belajar lebih baik. Dan butuh tanggapan dari siapapun yang mendidik 3.Bantu anak Anda, untuk terus belajar memahami situasi anak, berikan contoh yang sebenarnya. bagaimana cara Anda mengendalikan anak dengan bijak. 4.Arahkan dan ingatkan pada cucu Anda untuk menjadi anak- anak yang berkembang baik 5.Jangan lupa untuk mendoakan mereka, jika memungkinkan ajak mereka semua berdoa. Sebagai tambahan terakhir. Secara Prinsip “anak-anak punya KENAKALAN itu wajar, tetapi orang tua yang sabar itu LUAR BIASA.”



Majalah Kejora Mungil #79 April 2013