Page 1

Majalah Al-Fikr Al-Fikr Majalah Buka Hati, Buka Pikiran

Edisi

01 Tahun 2017

Bukan Mahasiswa Biasa Jadi Mahasiswa Sekali, Jangan biasa-biasa aja!

Rekam Jejak Islam, Masuk ke Kota Turki

Ta’aruf Dulu ! FUSI, IMMPPG, IMPERTI

Main Article :

Ikhwan Corner :

Bukan Mahasiswa Biasa

7 Tips Menjadi Ikhwan Sejati

Akhwat Corner : Pakaian Penyapu Jalanan


Daftar Isi Ta’aruf Dulu ! ...................................................................................................... Adab Islami ......................................................................................................... Doa - doa ............................................................................................................. Rekam Jejak Islam di Kota Turki ................................................................. Bukan, Mahasiswa Biasa ............................................................................... Akhwat Corner : Pakaian Penyapu Jalanan ............................................ Ikhwan Corner : 7 Tips Menjadi Ikhwan Sejati ...................................... Muhammad Al-Fatih ....................................................................................... Pertanian Islami ................................................................................................ Teka-Teki Silang ................................................................................................. Tanya Islami ........................................................................................................

2 3 4 5 7 9 10 11 12 13 14

Muqaddimah Majalah Al Fikr adalah majalah yang berisikan nasihat, artikel, doa dan adab-adab islami bertujuan untuk membuka hati sanubari serta membuka pikiran dengan memberikan ilmu agama mulia yang di ridhoi oleh Allah Subhanallahu wa ta’ala kepada mahasiswa dan akademisi. Dengan melalui ilmu tersebut, semoga kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi wasilah kita untuk bersama-sama masuk ke dalam Jannah-Nya.

Motivasi Islami Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad) Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya (HR, Bukhari)

Koordinator P elaksana Pembina Majalah Al-Fikr

Aziz Ilham Muftiansyah

Ir Dr Scr Agr Rahayu SP MP

Pimpinan R edaksi Aris Setyono

Majalah Al-Fikr Buka Hati, Buka Pikiran

Tim Desain dan Lay out Firdani Danang Prakoso Yumna Aqilah Khairunnisa Aziz Ilham Muftiansyah

Tim Artikel Arsyad Alawiyansah Andini Puspitasari Farchan Maftur Chotimah Laila Fatkhul Jannah Anisya Mar’atus Agustina Ayu


Ta’aruf Dulu!

Forum Ukhuwah dan Studi Islam FUSI (Forum Ukhuwah Dan Studi Islam) merupakan lembaga dakwah yang berada di fakultas pertanian UNS. FUSI yang dulunya bernama SKI fakultas pertanian ini berdiri pada tanggal 13 rabi'ul awal 1420 hijriyah atau bertepatan dengan 27 juni 1999. FUSI merupakan sebuah forum yang beranggotakan seluruh mahasiswa muslim pertanian UNS yang memiliki beragam aktivitas keislaman yang bertujuan untuk mensyiarkan islam di lingkungan fakultas pertanian UNS. Syiar islam dilakukan melalui berbagai bentuk kegiatan seperti kajian rutin, training-training, silaturahmi, seminar dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Ikatan Mahasiswa Muslim Peduli Pangan

Ikatan Mahasiswa Muslim Pertanian

Dan Gizi atau biasa disingkat dengan IMMPPG

Indonesia atau biasa disingkat dengan

merupakan organisasi jaringan mahasiswa

IMMPERTI merupakan organisasi pergerakan

tingkat nasional yang mulai didirikan pada

mahasiswa dalam bidang dakwah profesi

tanggal 11 oktober 2004.

pertanian tingkat nasional yang didirikan pada

Tujuan IMMPPG adalah terciptanya

30 november 2008 bertepatan dengan tanggal

sistem kehalalan, keamanan mutu dan gizi pangan 29 Dzulhijah 1429H. di Indonesia demi terwujudnya kemaslahatan

IMMPERTI memiliki misi diantaranya

umat. IMMPPG merupakan wadah yang

memberdayakan dan mengembangkan sistem

menghimpun para mahasiswa agar fokus dalam

pertanian islami dalam tataran keilmuan dan

satu gerak langkah mengkampanyekan konsep

aplikasi serta dalam perjalanan organisasinya.

Halal dan Thoyyib kepada umat muslim.

IMMPERTI menjadi salah satu wadah bagi

Page 02 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017

perjuangan mahasiswa guna tegaknya pertanian


Adab Islami Memulai makan dengan mengucapkan,

“Bismillaah” ِ ‫ﺑﺳــــــــــــــــــم‬ ‫ﷲ‬ ْ ِ ِ (HR. Bukhari dan Muslim)

Apabila ia lupa, maka ucapkanlah

“Bismillaahi awwalahu wa aakhirahu”

ِ ‫ﺑﺳم‬ ُ‫وآﺧره‬ َ ِ َ ُ‫ﷲ ﱠأوﻟَﮫ‬ (HR. At Tirmidzi no 1858)

Makan dengan tangan Kanan, Makan yang ada di dekatmu “Wahai nak, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang ada di dekatmu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Page 03 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017


Doa-doa Doa Kepada Orang Sakit

Doa Apabila Turun Hujan

‫اﻟﺷﺎﻓﻲ‬ ‫اﻟﻠﮭم َ ﱠ‬ َ ْ َ ُ‫واﺷﻔﮫ‬ ِ ْ َ ‫اﻟﺑﺄس‬ ِ ‫وأﻧت ﱠ‬ ِ ‫رب ﱠ‬ ِ ِ ْ َ ‫اﻟﻧﺎس‬ ‫ﱠُﱠ‬ َ ْ َ ْ ‫أذھب‬ ‫ﱠ‬ َ ِ ‫ﺷﻔﺂء ِإﻻ‬ ‫ﺳﻘﻣﺎ‬ َ ُ ‫ﺷﻔﺎ‬ ُ ِ ‫ﺷﻔﺎء ﻻَ ﯾُﻐَﺎ‬ ً َ َ ‫در‬ ً َ ِ ‫ؤك‬ َ َ ِ َ‫ﻻ‬

ً ‫ﺻ ِﯾّﺑﺎ ً ﻧ َِﺎﻓﻌﺎ‬ ‫ﱠُﱠ‬ َ ‫اﻟﻠﮭم‬

“Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

“Ya Allah! Turunkanlah hujan yang bermanfaat” (HR. Bukhari)

Doa Memohon Perlindungan dari Siksa Kubur, Neraka Jahannam, Fitnah Hidup, Mati dan Dajjal ْ ِ َ ،‫ت‬ ْ ِ َ ،‫ﺟﮭﻧم‬ ْ ِ َ ،‫ﺑر‬ ْ ِ ‫ﺑك‬ ‫دﺟﺎل‬ ِ ‫واﻟﻣﻣﺎ‬ َ ِ ُ‫أﻋوذ‬ ِ َ ْ ‫ﺷر ِﻓﺗْﻧ َِﺔ‬ ّ ِ َ ‫وﻣن‬ َ ْ َ ْ ‫وﻣن ِﻓﺗْﻧ َِﺔ‬ ِ َ َ ‫وﻣن‬ ِ َ َ ‫ﻣن‬ ْ ُ َ ‫إﻧﻲ‬ ِ ‫اﻟﻣﺳْﯾﺢِ اﻟ ﱠ ﱠ‬ ‫َﱠُﱠ‬ ِ ْ َ‫ﻋذاب ْاﻟﻘ‬ َ َ ْ َ ‫اﻟﻣﺣﯾﺎ‬ ْ ِّ ِ ‫اﻟﻠﮭم‬ َ ‫ﻋذاب َ َ ﱠ‬ “Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa Ketika Bersin Apabila seseorang di antara kamu bersin, hendaklah mengucapkan:

ِ ِ ‫اﻟﺣﻣُد‬ ْ َ َْ

“Segala puji bagi Allah”, Lantas saudara atau temannya mengucapkan:

َ ُ َ َْ ُ‫ﯾرﺣﻣك ﷲ‬

“Semoga Allah memberi rahmat kepada-Mu” Bila teman atau saudaranya mengucapkan demikian, bacalah:

‫ﺑﺎﻟﻛم‬ ُ ِ ْ َ َ ُ‫ﯾﻛم ﷲ‬ َْ ً ُ َ َ ‫وﯾﺻﻠﺢ‬ ُ ُ ْ ‫ﯾﮭِد‬

“Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaanmu (HR. Bukhari)

Doa Sesudah Mendengarkan Adzan َ‫واﻟﻔﺿ ْ َﯾﻠﺔ‬ َ ‫ َ ﱠ‬،‫اﻟﺗﺂﻣﺔ‬ ‫ذه ﱠ‬ ِ ‫ آ‬،‫اﻟﻘﺂﺋﻣﺔ‬ ‫اﻟﻠﮭم َر ﱠ‬ ِِ‫بھ‬ ِ َ ْ ‫ﻣﺣﻣدان‬ ِ َ ِ َ ْ ِ‫واﻟﺻﻼة‬ ِ ‫ﻋوةِ ﱠ ﱠ‬ ِ َ ْ َ َ‫اﻟوﺳ ْ َﯾﻠﺔ‬ ‫ُﱠ‬ ِ َ‫ت ُ َ ﱠ‬ َ ْ ‫اﻟد‬ ْ ُ َ ‫وﻋْدﺗَﮫُ اِﻧﱠَك‬ ‫اﻟرِﺣِﻣْﯾَن‬ َ َ ْ ‫ﻠف ْاﻟِﻣ‬ ‫اﻟﻌﺎﻟﯾﺔَ ﱠ‬ ‫ﯾﺂارﺣم ﱠ‬ َ ِ َ ْ َ‫درﺟﺔ‬ ُ ِ ‫ﻻﺗﺧ‬ َ َ ‫اﻟذى‬ ََ ْ َ َ ‫ﯾﻌﺎد‬ َ َ ‫واﻟﺷرف َواﻟ ﱠ‬ ْ ِ ‫ﻣﻘﺎﻣﺎﻣﺣﻣودان ﱠ‬ َ َ‫َ ﱠ‬ َ ْ ‫ﯾﻌﺔَ َوا‬ َ ْ ِ‫اﻟرﻓ‬ ِ َ ْ ُ ْ َ ً َ َ ُ‫ﺑﻌﺛْﮫ‬ “Ya Allah, Tuhan Pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah Al-Wasilah (derajat di Surga, yang tidak akan diberikan selain kepada Nabi) dan fadhilah kepada Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqam terpuji yang telah Engkau janjikan” (HR. Bukhari)

Page 04 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017


Rekam Jejak

ISLAM Kota Turki

T

urki adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Negara Turki ini sangat termasyhur dengan desain khasnya yang megah nan mewah. Tak hanya itu, Turki juga termasuk negara yang berperan besar dalam perkembangan agama Islam. Islam menjadi agama yang paling banyak penganutnya di Turki sejak zaman kesultanan Utsmaniyah, pada tahun 1400-an. Bagaimana Islam masuk ke Turki? Memasuki tahun pertama penanggalan masehi, wilayah Turki yang saat itu bernama Kerajaan Bizantium dikuasai Romawi selama empat abad. Romawi mengalami perpecahan pada tahun 395 sehingga terbagi menjadi dua, yaitu Romawi Barat dan Romawi Timur. Romawi Timur menduduki Bizantium dan menjadikan Konstantinopel sebagai ibukotanya. Jejak Islam di Turki dimulai pada abad ke-12. Romawi Barat jatuh ke tangan bangsa Barbar. Sedangkan, Kerajaan Bizantium atau Romawi Timur berhasil ditaklukan oleh Kerajaan Ottoman yang dipimpin Raja Osman I. Penaklukan Bizantium ini memunculkan nama besar Muhammad Al Fatih karena keberaniannya. Konstantinopel merupakan kota pusat agama kristen ortodoks. Ketika menaklukan

kota yang merupakan ibukota Romawi Timur itu, Muhammad Al-Fatih mengganti nama kota itu menjadi Istanbul dan menjadikannya ibukota. Ia memerintahkan agar adzan dikumandangkan di gereja Hagya Sophia sebagai pengumuman bahwa gereja tersebut telah diubah menjadi masjid. Inilah masa keemasan Turki, pada masa inilah pemerintahan Turki memperoleh pengaruh Islam yang kuat. Bagaimana perkembangan Islam di Turki setelah itu hingga saat ini? Setelah Osman I meninggal, kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah kemudian merambah sampai ke bagian Timur Mediterania dan Balkan dan menjadi awal penyebaran agama Islam di Eropa. Namun, pada tahun 1915, ketika perang dunia I meletus, Turki bergabung dengan Jerman yang kemudian mengalami kekalahan. Akibatnya, kekuasaan kerajaan Turki Utsmani semakin terpuruk. Partai Persatuan dan Kemajuan Utsmani memberontak kepada Sultan dan menghapuskan kekhalifahan Utsmani dan membentuk Turki modern pada tahun 1924 M.

Page 05 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017


Ketika Kesultanan Utsmaniyah runtuh dan diteruskan oleh Republik Turki, Islam menjadi sedikit mundur karena Perubahan Turki dari kesultanan menjadi negara sekuler. Pada masa itu Mustafa Kemal Ataturk ditetapkan sebagai presiden Republik Turki sepanjang hidup. Ia sebagai kepala pemerintah, dan sebagai kepala Republican People’s Party (Partai Republik). Partai Republik merupakan instrument rezim terbesar di turki dan beberapa dinas perkantoran. Rezim ini menyebarkan informasi kemajuan pertanian, mengorganisri program pendidikan, dan mengajarkan idiologi nasional dan sekuler kepada masyarakat. Pada masa Kemal, ulama dan bangsawan lokal dikucilkan dan pekerjaan tokoh-tokoh agama semakin sempit sehingga sekolah-sekolah agama semakin kurang diminati. Tujuan utama Turki Kemalis adalah pembangunan ekonomi dan modernisasi kultural. Kebijakan rezim kemalis yang paling penting adalah revolusi kultural. Mustafa kemal berusaha memasukkan massa ke dalam

Page 06 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017

ideologis dan kultural rezim republik, merenggangkan keterikatan masyarakat umum terhadap Islam, dan mengarahkan mereka kepada pola kehidupan barat dan sekuler. Rezim kemalis juga menghapuskan sejumlah lembaga organisasi Islam. Meski dibendung oleh konstitusi Sekuler, umat Islam di Turki sadar betul bahwa mereka adalah umat Islam dan memiliki sejarah Islam yang gemilang di masa lalu. Kini, sedikit demi sedikit, masyarakat Islam di Turki mulai menunjukkan identitas keislaman mereka. Kini, di Turki juga orang-orang dilarang menghina Islam. Jika dulu Turki dikenal sangat sekuler sehingga identitas Islam dimusuhi dan menghina agama tidak dipermasalahkan, kini menghina terhadap Islam bisa berurusan dengan pengadilan. Upaya "islamisasi" juga difasilitasi pemerintah dengan rencana mengaktifkan kembali Masjid Hagia Sophia sebagai tempat ibadah umat Muslim dan mengajarkan Al-Qur’an di Sekolah-sekolah. Itulah sedikit rekam jejak Islam di Kota Turki, semoga bermanfaat. (Dikutip dari berbagai sumber)

MASJID SULTAN AHMED


Bukan Mahasiswa Biasa

Ditengah indahnya masa kuliah dinegeri rantau, seorang Muslimah dipojokan kamarnya, ditengah gerimis yang kian membasahi jendela kamar kosnya, ia pun teringat akan pesan Ibu Bapaknya, “Nak... Jaga diri baik-baik ya, yang rajin belajar, jadilah orang hebat dan jangan lupa untuk ibadah kepada Gusti Allah." Demikianlah pesan orang tua kepada anaknya diawal anak yang disayanginya pergi kuliah ditanah orang. Banga berbalut sedih bergemuruh di dada mereka. Akankah kita menjadi kebanggan bapak ibu kita? Mahasiswa bukan lagi anak SMA Sobat Muda, dunia mahasiswa tidak lagi seperti anak SD ataupun SMA. Indah nian memang masa-masa kecil itu, kita pun tak pungkiri. Akan tetapi, waktu tiadalah kembali lagi. Waktu kian berjalan, dan disinilah kita, sebagai mahasiswa dengan jalan yang telah terhampar di hadapan mata. Kebebasan dalam atmosfer dunia mahasiswa lebih besar dan lebih kuat daripada kebebasan yang ada di masa SMA. Bebas bukan saja dalam hal seragam atau upacara, tetapi lebih daripada itu bebas menentukan prioritas dan jadwal kegiatan sehari-hari untuk dirinya. Salah satu tanda bahwa seseorang mahasiswa mulai menapaki jalan hidupnya yang 'baru' adalah

ketika dia memilih dengan orang seperti apa dia berteman dan mengambil nasihat dan arahan serta bagaimana kelangsungan tujuan hidupnya. Ketika sebagian anakanak muda lebih menyukai hidup bebas dengan tanpa aturan, berfoya-foya tanpa pikir panjang, sebagian yang lain kembali menemukan taman-taman surga di majelis ilmu agama. Mereka menjumpai nasihatnasihat indah dan peringatan untuk jiwanya agar tidak terlena oleh gemerlapnya dunia. Di situlah, anak-anak muda itu mencari jalan untuk menghimpun bekalnya menuju surga. Allah berfirman (yang artinya), “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benarbenar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal salih, saling menasihati dalam kebenaran, dan saling menasihati untuk menetapi kesabaran.” (Al-'Ashr: 1-3). Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Dua nikmat yang kebanyakan manusia tertipu dalam hal keduanya; sehat dan waktu luang.” (HR Bukhari). Waktulah yang akan membuktikan, jalan seperti apa yang kita pilih dalam kehidupan. Apakah jalan menuju kebahagiaan atau jalan menuju jurang kehancuran.

Page 07 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017


Jalanku Tidak Lagi Sama Banyak sekali godaan dan rintangan yang harus kita hadapi yang kerap kali datang di tengah dunia mahasiswa pada umumnya. Sebagian anak muda bahkan punya semboyan 'mumpung masih muda' dengan maksud untuk memuaskan segala keinginan hawa nafsunya sampai-sampai ada ungkapan, 'muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga’ SubahanAllah.. Sobat, ketahuilah, sekaranglah waktunya! Ya, inilah waktu yang tepat untuk menata ulang jalan hidup dengan penuh perbaikan dan kebaikan. Kiranya orangtua melepaskan kepergian buah hatinya, “Nak.. Jaga diri baik-baik ya”.. Demikianlah pesan cinta yang diberikan orangtua kepada kita, seorang anak yang akan menjadi pangkuan mereka dimasa tua mereka. Kiranya pesan itu masuk ke hati kita, tentulah kita mulai berfikir bagaimana menjadi mahasiswa yang betul-betul menjaga diri dari berbagai perkara negatif. Sudah bukan masanya lagi kita masih merengek nakal dengan tingkah laku yang negatif. Inilah masanya, menempuh jalan kebaikan, belajar dengan sungguh, membahagiakan orangtua dengan memberikan kontribusi pada dunia kuliah serta menjadi anak mempunyai dedikasi yang tinggi, cita-cita yang tidak hanya di dunia, akan tetapi tujuan panjang menuju Surga bersama keluarga dan temanteman kita. Kemudian kita akan berteriak dengan tangis bahagia, "Bapak.. Ibu.. Inilah anakmu, berusaha menjadi anak yang shalih agar Allah karuniakan kebahagiaan di hidup kita wahai Bapak- Ibuku yang kusayangi". Jalan kebaikan hanya bisa ditempuh oleh pemuda yang yakin dan bersungguh-sungguh. Sobat, waktu kita tidaklah lama, berapa rata-rata umur manusia? Antara 60-70th saja. Ketahuilah sobat, modal terbesar dalam hidup adalah waktu, bukan harta. Maka, bagaimana kita akan menghabiskanya? Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari. Seorang sahabat Ibnu Mas'ud radhiallahu 'anhu pernah berkata, "Tiada yang pernah kusesali selain keadaan ketika matahari tenggelam, ajalku berkurang, namun amalanku tidak bertambah.” Hendaknya kita mulai dari sekarang, bukan nanti, bukan besok, bukan pula lusa, di mulai dari sekarang untuk berjalan diatas jalan kebaikan, serta menebar manfaat.

Page 08 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017

Bukan Mahasiswa Biasa Diriku Bukanlah Mahasiswa Biasa, ya, inilah semboyan kita di dalam mengarungi dunia kampus yang penuh hiruk pikuk ini. Mahasiswa yang pantang menyerah, pantang mengeluh dari kehidupan ini. Pemuda yang memandang keatas, tidak lagi kebawah. Pemuda yang menatap masa depan, tidak lagi meratapi masa lalu. Menjadi mahasiswa luar biasa yang menebar faedah dibumi manapun yang diinjak. Tentulah, bukan sebatas mimpi jika kita punya kesungguhan. Bagaimana menjadi mahasiswa yang luar biasa? Gunakan modal kita untuk hal-hal yang bermanfaat untuk menjadi mahasiswa yang bermanfaat bagi nusa bangsa terlebih lagi agama. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” Tentunya, menjadi bermanfat perlu keilmuan oleh karena itu, hendaknya kita memperbanyak belajar dan belajar. Sesungguhnya kedudukan ilmu di dalam Islam sangat dijunjung tinggi. Allah Ta'ala berfirman, “Katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak tahu.” [Az Zumar : 9] Menjadi mahasiswa berprestasi? Tapi juga rajin ngaji? Kenapa enggak? Belajarlah Agama ! Mahasiswa yang baik bukan hanya yang peduli dengan indeks prestasi dan nilai kuliahnya. Lebih daripada itu, mahasiswa yang baik adalah yang senantiasa menimba ilmu agama. Ilmu Al-Qur'an dan As Sunnah. Ilmu Wahyu yang dikabarkan Sang Pencipta. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan padanya, maka Allah akan pahamkan dia dalam hal agama.” (HR. Bukhari dan Muslim) Betapa butuhnya kita terhadap sandaran, dan sebaik-baik sandaran adalah ilmu Agama, yang denganya hati menjadi tentram, benih-benih keimanan tersiram. Inilah langkah awal perubahan kita, menjadi luar biasa dengan mulai dekat dengan ilmu agama. Ilmu agama adalah penuntun kebahagian yang sesunguhnya. Karena ilmu agama yang akan menuntutnya di dalam kehidupan di dunia dan akhirat. Sedangkan ilmu dunia ia butuhkan hanya di dunia saja. Semoga kita dihindarkan dari kebodohan terhadap ilmu Allah, dan senantiasa selalu istiqomah (dijaga) di dalam menempuh kebaikan dijalan Allah. Aamiin . . .


Akhwat Corner

Pakaian Penyapu Jalanan “Mbak mau nikahan ya? Kok roknya panjang amat.” “Wah aku tuh seneng banget kalo kamu main ke tempatku. Tempatku kan jadi bersih gara-gara rok kepanjangan kamu, jadinya gak usah nyapu lagi deh.” “Gak takut kotor? Kebersihan sebagian dari iman lho. Mending dipendekin aja gamisnya, gak usah berlebihan.” Ukh, apakah kata-kata di atas terdengar familiar? Namun di sisi lain, kita juga familiar dengan wanitawanita yang belum menutup auratnya dengan baik. Tapi tidak ada yang menyinggungnya. Anjuran Bagi Wanita untuk Memanjangkan Kain Pakaiannya Wajib hukumnya bagi wanita untuk menutup auratnya, dan termasuk bagian dari aurat yang harus ditutup adalah kaki. Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menerangkan mengenai bagian bawah pakaian, Ummu Salamah radhiyallahu 'anha berkata kepada Rasulullah, “Lalu bagaimana dengan pakaian seorang wanita wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Hendaklah ia mengulurkannya satu jengkal,” Ummu Salamah berkata,'Jika demikian masih tersingkap ” Satu hasta saja dan jangan lebih dari itu,” jawab beliau. (HR. At Tirmidzi. Hadits hasan shahih) Seorang wanita wajib menutup kedua telapak kakinya dengan pakaiannya, dan boleh hukumnya memanjangkan pakaian bagi seorang wanita dengan ukuran sebagaimana telah dijelaskan hadits di atas. Lalu, dari mana diukurnya satu jengkal di mana seorang wanita memanjangkan pakaiannya? Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama. Akan tetapi, pendapat yang kuat -insya Allah- satu jengkal adalah diukur dari mata kaki. Karena inilah Ummu Salamah berkata, “Jika

demikian, kedua kakinya masih tersingkap,” lalu Rasulullah memberikan keringanan dengan satu hasta. Para ulama telah bersepakat bolehnya seorang wanita memanjangkan pakaiannya di bawah mata kaki. Hal ini berbeda dengan kaum laki-laki di mana mereka mendapat ancaman keras bila memanjangkan pakaiannya di bawah mata kaki. Sebagaimana kaum lakilaki, kaum wanita pun dilarang isbal. Akan tetapi ukuran isbal pakaian wanita berbeda dengan kaum laki-laki. Isbal-nya pakaian laki-laki adalah di bawah mata kaki. Sedangkan isbal-nya pakaian wanita adalah bila melebihi satu hasta atau dua jengkal. Cara Membersihkan Ujung Pakaian Wanita Dari seorang ibu putra Ibrahim bin Abdurrahman bin 'Auf bahwa ia pernah bertanya kepada Ummu Salamah istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, 'Sesungguhnya aku adalah seorang perempuan yang biasa memanjangkan (ukuran) pakaianku dan (kadangkadang) aku berjalan di tempat kotor?' maka Jawab Ummu Salamah, bahwa Nabi pernah bersabda, “Tanah selanjutnya menjadi pembersihnya.” (HR. Ibnu Majah, Imam Malik dan Tirmidzi. Hadits shahih) Ketentuan yang disebutkan hadits di atas hanya berlaku untuk najis yang kering. Ketentuan ini tidak berlaku jika najisnya adalah najis yang basah atau cair. Jadi, sekarang sudah tau kan mau jawab apa kalo ada yang melayangkan 3 kalimat di awal artikel ini? Semangat ya, Ukh, Mari kita cari ridho Allah bersamasama.

Page 09 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017


AkhwatCorner Ikhwan Corner

1

Memelihara Jenggot

7 Tips Menjadi Ikhwan Sejati

Ikhwan atau laki-laki muslim disunnahkan untuk memelihara jenggot, untuk apa? Untuk membedakan kita dengan orang Nasrani, Yahudi dan Majusi. Jika rambut adalah mahkota wanita, maka jenggot adalah mahkota laki-laki. So, peliharalah jenggot meski hanya sedikit ya Wan.

2

Memotong atau Menipiskan Kumis

Ikhwan juga disunnahkan untuk memotong atau menipiskan kumis, tetapi tidak sampai licin ya, karena takut menyerupai perempuan. Tentang hal ini Rasulullah SAW bersabda : . . . Hendaklah kamu memotong kumis dan memelihara jenggot kalian. (HR Ibnu Hibban)

3

Berpakaian Bagus, S yar’i dan Tidak Sombong

Pakaian bagus tidak selalu harus mahal. Dengan pakaian bagus, menutup aurat (dari pusar hingga lutut) , tidak sempit dan tipis maka martabat seorang ikhwan menjadi mulia di hadapan Allah karena telah mencitrakan Islam dengan baik kepada orang lain, bahwa Islam mencintai keindahan.

4

Bersih dan Rapi

“Allah itu Maha Indah dan mencintai Keindahan serta Maha Bersih dan mencintai kebersihan� (HR Tirmidzi) Bukan ikhwan kalau dia tidak kinclong dan bersih. Sudah seharusnya seorang ikhwan bisa mencerminkan Islam yang bersih dan indah melalui penampilannya.

5

Wangi

Ikhwan sejati harus selalu wangi, dengan memakai parfum yang membuat selalu Percaya Diri sepanjang hari. Namun Ikhwan harus jeli dan hati-hati dalam memilih parfum, pilih parfum yang tidak mengandung zat berbahaya dan hal yang memabukkan.

Page 10 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017

6

Atletis

Seorang ikhwan juga harus rajin berolahraga agar selalu sehat. Banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan, seperti naik gunung, jogging, marathon, renang, bulu tangkis, dan lain-lain. Push up, sit up dan latihan untuk membentuk otot juga perlu dilakukan, tetapi tujuannya untuk menjaga tubuh tetap bugar ya, bukan untuk pamer ke para akhwat. Rasulullah Muhammad SAW juga memliki tubuh atletis lho, dan juga seorang mukmin yang kuat lebih Allah sukai daripada Mukmin yang lemah. So, perhatikan pola makan dan olahraga yang rajin ya Wan!

7

Murah Senyum

Penampilan Ikhwan harus bersahaja dan enak dipandang mata, caranya hiasi wajah dengan senyum... Senyum adalah sedekah, senyumlah kepada siapa saja yang berhak mendapatkannya. Jadi, sudah siapkah menjadi ikhwan sejati? Saatnya kita mulai Wan! Dan berubah jadi ikhwan yang lebih baik, khususnya secara penampilan.


MUHAMMAD AL FATIH SANG PENAKLUK KONSTANTINOPEL

M

uhammad al-Fatih adalah salah seorang raja atau sultan Kerajaan Utsmani yang paling terkenal. Ia merupakan sultan ketujuh dalam sejarah Bani Utsmaniah. Al-Fatih adalah gelar yang senantiasa melekat pada namanya karena dialah yang mengakhiri atau menaklukkan Kerajaan Romawi Timur yang telah berkuasa selama 11 abad. Upaya penaklukan konstantinopel merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh kaum muslimin bukan sematamata karena nilai strategisnya tetapi juga dalam rangka mewujudkan hadist Nabi Muhammad yang mengatakan perihal kejatuhan kota ini ke tangan kaum muslimin. Berikut adalah hadis yang menyatakan bahwa Konstantinopel akan ditaklukan oleh pemimpin dan pasukan terbaik yang

telah diprediksikan oleh Nabi Muhammad : “ Sesungguhnya Konstantinopel itu pasti akan dibuka (ditaklukan). Sebaikbaik pemimpin adalah pemimpinya, dan sebaik-baik pasukan adalah pasukannya.� ( HR.Bukhari). Upaya penaklukan Konstantinopel ini memakan waktu yang sangat panjang. Kaum muslimin sangat percaya dan meyakini apa yang dikatakan Nabi pasti terjadi dengan izin Allah swt. Oleh karena itu setiap generasi selalu berusaha untuk menaklukan konstantinopel. Delapan abad berlalu setelah hadis ini tepatnya pada tahun 1453 M konstantinopel berhasil ditaklukan oleh kaum muslimin dibawah pimpinan Muhammad AlFatih.

Page 11

Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017


Pertanian Islami al

B

ila dunia pertanian dan perkebunan kita nyaris stagnan sejak jaman Belanda, bisa jadi karena kita salah belajar pertanian dari penjajah yang memang tidak mau membuat kita pintar. Bila kemudian pertanian kita banyak merusak lahan-lahan yang semula subur menjadi lahan yang hasilnya pas-pasan, bisa jadi karena kita salah mengambil guru karena belajar dari para kapitalis yang menjadikan petani sebagai pasar semata untuk pupuk dan obatobat kimia mereka. Lantas dari mana mestinya kita belajar? Anda akan terkejut dengan referensi yang ada di dunia Islam tentang pertanian ini. Sekitar 600 ratus tahun sebelum Belanda mengajari atau memaksa kita berkebun, di dunia Islam sudah bermunculan ahli-ahli pertanian dan perkebunan yang mulai menyusun dasar-dasar ilmu agronomi dan botani modern. Nama-nama seperti Ibnu Wafid, Abu 'Umar Ahmad, Abu AlKhayr, Ibnu Bassel dlsb. mulai menulis kitabkitab pertanian sejak abad 4 H. Puncaknya adalah di abad ke 6 H ketika Abu Zakariyyah Yahya b. Muhammad atau lebih dikenal dengan Ibnu Al-Awwam (meninggal th 580H atau 1185 M) menulis kitab pertanian yang fenomenal dengan judul Kitab Al-Filaha. Dari kitab inilah kemungkinan besar dunia barat belajar ilmu pertanian modern-nya. Karena kitab tersebut diketahui sampai berabad-abad kemudian diterjemahkan ke bahasa Spanyol dan kemudian juga kedalam bahasa Perancis hingga pertengahan abad 19. Kitab Al-Filaha – menurut saya sendiri yang pernah kuliah 4 tahun di perguruan tinggi pertanian – adalah referensi yang sangat lengkap meliputi seluruh ilmu pertanian dalam arti luas, yang kalau di perguruan tinggi modern diajarkan di belasan jurusan yang berbeda-beda. Bahkan untuk jaman modern ini-pun kitab ini masih sangat relevan, yang mungkin perlu diupdate hanya pada teknologi-teknologi yang berkembang saja. Selebihnya malah bisa mengoreksi kesalahan dunia pertanian di abad

Page 12 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017

terakhir yang mengandalkan pupuk dan obatobatan kimia. Daftar tersebut baru sebagian saja dari isi Kitab Al-Filaha yang ketika diterjemahkan kedalam bahasa Perancis menjadi dua kitab dengan total halaman sampai sekitar 1.300-an halaman. Dari sebagian isi tersebut saja kita sudah bisa menangkap pesan betapa majunya pertanian dunia Islam sembilan abad lampau, lantas mengapa sekarang kita seolah ketinggalan? Ya bisa jadi karena kita belajar dari sumber-sumber yang keliru tersebut di atas. Bila saja kita mau kembali ke sumber-sumber ilmu dari para ulama di bidang pertanian ini, maka kita tidak akan merusak tanah dan ekosistem lingkungan dengan pupuk dan obat-obat kimia. Kitab seperti Al-Filaha ini juga merupakan dokumentasi best practice pada jamannya, jadi itulah yang dilakukan ulama atau petani-petani yang berilmu di jaman itu – ketika mereka menghijaukan padang pasir dari Jordania sampai Damaskus dan menyuburkan pinggiran gurun dari Mesir sampai Maroko. Maka rujukan semacam ini insyaAllah juga sangat berguna untuk menyuburkan kembali bumi pertiwi kita yang aslinya memang sudah subur ini. Masalahnya adalah tinggal siapa yang akan mengajarkan kitab semacam ini kepada para petani kita? Jelas kitab semacam ini tidak dijadikan rujukan di perguruan tinggi pertanian jaman ini. Tidak juga dijadikan rujukan di perguruan tinggi agama – karena dianggap bukan bidangnya. Lantas siapa yang akan membawakannya? Insyaallah kitab semacam ini akan menjadi salah satu rujukan pengajaran pertanian di madrasah-madrasah pertanian kita nantinya. Saat ini kami sedang melacak keberadaan kitabkitab tersebut dalam bahasa aslinya selengkap mungkin, untuk kemudian diterjemahkan oleh Baitul Hikmah dan juga disebar luaskan untuk masyarakat luas secara gratis pada waktunya – In syaa Allah.


TTS

1

2

3

4

5

6 9

8

7

Teka-Teki Silang

10 12

14

13 15 17

18

11

16 20

19 22

21

23

26

25

24

28

27 29

30 31

32 34

33

35

36

37 38

39

41

40

42

43

44

46

45 47 48 49

Mendatar 3. Tempat kelahiran Nabi Muhammad saw 5. Salah satu Imam Madzab ďŹ qih ( ‌ bin Ali Zainal Abidin bin Husain bin Ali bin Abi Tholib) 7. Syirik kecil 8. Khiyar dalam jual beli karena adanya sebuah cacat pada barang yang dijual 10. Makhluq bermata satu yang muncul menjelang kiamat 12. Nama lain dari Nabi Muhammad saw 13. Orang ketiga tunggal laki (arab) 15. Raja lalim pada zaman Nabi Ibrahim 17. Baju panjang tanpa kerah yang biasa dipakai mayoritas orang Arab 20. Komputer : Salah satu format gambar 21. Electronic Mail 24. Perang dalam Islam yang mana Aisyah ikut serta di dalamnya 27. Hal dalam hati yang perlu kita atur sebelum melakukan sesuatu 28. Nama Nabi : Orang yang petama kali membuat kapal laut 29. Surat dalam Al-Quran yang mengisahkan penyerbuan tentara gajah ke Baitullah (tanpa al) 30. Bab pertama yang dibahas dalam Ilmu Nahwu 31. Kholifah Rosulullah selepas kekholifahan Abu Bakar Asshidiq 33. Nahwu: Salah satu huruf Athof 34. Thowaf yang termasuk rukun haji 35. Nabi yang hidup satu masa dengan Nabi Musa 37. Sittatun 38. Sebutan Pulau Kalimantan 42. Teka-Teki Silang 44. Wilayah yang dikirimi Mushaf Induk oleh Utsman bin Affan 45. Tahta 47. Rukun Iman 48. Darinya malaikat dicipta 49. Hadis yang berupa perkataan 50. 'Ainun

50

Menurun 1. Salah satu istri Nabi Ibrahim as 2. Hubungan lawan jenis yang diharamkan 3. Tajwid: Memanjangkan harokat melebihi satu harokat 4. Putra Imam Ali ra 6. Saqfun 9. Salah satu huruf ziyadah dalam ilmu shorof 11. Jari yang biasa kita pakai untuk menulis sms 13. Orang ketiga tunggal pr (arab) 14. Nama Nabi 16. Nahwu: Salah satu huruf Jar 18. Negara super power teroris sejati 19. Bilangan yang mempunyai nol tiga 22. Suatu sistem komputer yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya 23. Yang kita lakukan 5 kali dalam sehari semalam 24. Melempar kerikil saat haji 25. Manusia pertama yang hidup di bumi 26. Hewan yang wajib dizakati jika telah mencapai satu nisob 32. Hidung ( Arab ) 33. Mar'atun 36. Suara yang didengar Neil Amstrong saat di bulan 39. Binatang padang pasir 40. Jenis air yang bisa gunakan untuk bersuci/thoharoh 41. Pesan seseorang yang hampir meninggal agar seseorang melakukan sesuatu untuknya 43. Salah satu alat transportasi darat 46. Goa yang dimana Baginda Rosul menerima wahyu pertama

Page 13 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017


Tanya Islami Bacalah,

Al-Qur’an

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Bagaimana Pendapatmu tentang Membaca Al-Qur’an itu? Muhammad S H (Agribisnis 2016)

Membaca Al-Qur'an mempunyai banyak keutamaan, ketika membaca ayat Al-Qur'an maka akan dibalas oleh Allah setiap huruf yang dibacanya dengan sepuluh kebaikan serta berusaha memahami makna dan syariat yang di tetapkan di dalamnya.

Nelvansyah Setyanto (P eternakan 2013)

Al-Qur'an adalah buku petunjuk untuk manusia. Karena pentingnya petunjuk itu maka bukan cukup dibaca, perlu untuk dimakanai, dihafalkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, kelak di akhirat juga menjadi penolong kita serta orang tua kita.

Page 14 Edisi 01 Majalah Al Fikr Tahun 2017

Dimas Salam (P eternakan 2015)

Al-Qur'an adalah mukjizat, dan dengan terbiasa membacanya menjadikan kita takut akan berbuat dosa.

Duria Istiqomah (D3-A GB Horti 2015)

Membaca Al-Qur'an bagi saya adalah sarana untuk berkomuikasi kepada Allah, membuat hati merasa tenang dan membuat saya terkadang mengingat kesalahan serta berinstropeksi diri.

Ian Adi Saputro (P eternakan 2016)

Membaca Al-Qur'an bagi saya adalah kebutuhan, ketika saya tidak membaca Al-Qur'an maka terasa ada yang kurang. Jadi didalam membaca Al-Qur'an terdapat ketentraman, ketenangan hati, sehingga menjadikan apa yang kita kerjakan terasa nikmat.


Ya Rabb

K

k a h n o l ah k o

HATI-HATI KAMI DIATAS

Agama-Mu َ َ ‫ﻗﻠﺑﻲ‬ ْ ِّ َ ‫اﻟﻘﻠوب‬ ‫دﯾﻧك‬ َ ِ ِ ‫ﻋﻠﻰ‬ ِ ُ ُ ْ ‫ﯾﺎﻣﻘﻠب‬ َ ِّ َ ُ ِ ْ َ ‫ﺛﺑت‬ “Wahai Robb yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.” HR.Tirmidzi

Majalah Al-Fikr 2017  
Majalah Al-Fikr 2017  
Advertisement