Page 1

Guide for Creator I.Bahan dasar membuat karangan Pertama, saya akan memulai dengan hal-hal dasar yang kita butuhkan sebelum kita mulai menulis cerita apapun. 1. Plot

Friedenia adalah sebuah dunia fiksi yang diciptakan untuk mewujudkan fantasi dengan setting dari sebuah hikayat bernama Friedenia Saga. Sejarah Friedenia membentang sepanjang beribu-ribu tahun, dipenuhi oleh jatuh-bangunnya peradaban-peradaban manusia dan makhluk-makhluk cerdas lain, dengan kekayaan-kekayaan material maupun spiritual yang sangat beraneka ragam dan menakjubkan. Tokoh-tokoh besar dan peristiwa-peristiwa dahsyat bermunculan, meninggalkan jejak-jejak yang abadi bagai goresan tinta emas; jika yang manapun dari mereka hendak dikisahkan, maka dapat dihasilkan begitu banyak kisah seolah tiada habisnya, karena begitu kaya dan menariknya. Tidak ada batasan dalam apa-apa yang bisa ditemukan di atas Friedenia, tidak ada pola-pola tertentu yang mendikte jalannya sejarah Friedenia; apapun yang memenuhi hasrat dan harapan kita sebagai manusia, Friedenia memilikinya. Kebersamaan dan keluhuran budi ala Timur? Kekuatan dan ketangguhan individu ala Barat? Kesenangan dan kemudahan ala masyarakat Modern? Makna mendalam ala masyarakat Kuno? Keteguhan Iman dan Keyakinan? Kedigdayaan Ilmu dan Teknologi? Kegembiraan dan keceriaan petualangan di alam bebas? Kedahsyatan pertempuran dan perjuangan demi tujuan besar? Misteri yang mencekam dan mengerikan dari luar alam manusia? Kompleksitas politik, perdagangan, kenegaraan, dan aspek-aspek lain dari kehidupan manusia? Kemahakuasaan? Kemanusiawian? Seluruhnya tercakup di dalam Friedenia, dan bahkan lebih banyak lagi, sebanyak dan seluas imajinasi kita.

2. Setting Alam Friedenia 3. Karakter

Petunjuk : Sebaiknya, karakter utama harus memiliki karakteristik dan personality yang masih bisa diikuti oleh pembaca. Karakter utama tidak harus luar biasa kuat (semua statusnya 9999999 kalo di game RPG), ataupun luar biasa keren.

www.friedenia.com


Guide for Creator Akan lebih bagus kalau personality karakter utama dibuat yang standar saja, namun berbeda dari tokoh yang lain. Penyebaran personality akan membantu jalan cerita karanganmu.

4. Tema/Genre Fantasy,Spirit,Comedy,Love,WAR, Politik,myth,dll..

5.Maping Dunia Friedenia terdiri dari sebagian besar lautan. Daratan yang terbesar di Friedenia adalah Tanah Utama Friedenia, dan lautan terbesarnya adalah Laut Etherian yang terletak di selatan Tanah Utama.

II.Layout/Tampilan cerita Setelah memikirkan 4 bahan dasar itu, sekarang kita mulai menulis kalimat demi kalimat ceritamu itu. Ada beberapa dasar untuk menulis dialog dan juga mengatur penampilan paragraf. Dialog biasanya dimulai dan diakhiri dengan tanda " ". Lalu dialog juga berakhir dengan tanda "," kecuali itu adalah kalimat tanya atau kalimat seru. Contoh : "Sangatlah mudah untuk menulis dialog dalam format yang dapat dimengerti orang dengan mudah," kata pengarang. Pembaca menggaruk-garuk kepalanya sejenak lalu bertanya, "Tapi bisakah "?" digunakan untuk mengakhiri kalimat dialog ?" "Tentu saja," balas pengarang. Perhatikan bahwa saya memberi spasi di antar dialog. Format ini membuat para pembaca lebih mudah mengolah dialog karakter satu sama lain. (Tidak tertukar)

III.Tambahan Berikut adalah petunjuk-petunjuk berguna yang diberikan oleh berbagai macam orang untuk membantu kalian.

www.friedenia.com


Guide for Creator

* Kalimat baku bukanlah suatu keharusan, tapi sebaiknya jangan terlalu gaul bahasanya sehingga memudahkan pembaca untuk membacanya. * Ketika menulis di dalan forum, kita tidak bisa menambahkan indentasi pada paragraf sehingga ada baiknya juga bila kita memberi tambahan jarak antar baris (misalnya tekan ENTER dua kali setelah selesai menulis paragraf) Hal ini akan mempermudah dirimu sendiri dan para pembaca untuk mengikuti text dengan cara yang lebih mudah. *​ Buka pikiran dan gunakan kreativitasmu. * Tulislah seolah-olah kamu sedang bicara, jangan mencoba memaksakan imajinasi penonton karena mereka tentunya akan lebih sulit membayangkan cerita yang kamu buat karena mereka baru saja membacanya. *​ Jangan langsung menjelaskan sesuatu sampai sejelas-jelasnya. Biarkan pembaca berimajinasi sedikit. * Ketika kamu melakukan posting di forum umum, jangan terlalu merasa dikejar waktu atau buru-buru karena pembaca yang penasaran akan lanjutan hasil kerjamu. Bersantailah dalam meng-update karena hal ini membantu dalam membangun "arus" ceritamu.

* Cobalah untuk menghindari paragraf yang panjang, terlalu banyak kalimat akan membuat ceritamu lebih sulit untuk dicerna. *​ Kita bisa mengganti beberapa kata untuk membuatnya lebih jelas. "Maksudnya apa sih ?" tanya pembaca. Kita bisa mengganti 'tanya pembaca' dengan 'dari balik pintu tiba-tiba terdengar ada seseorang bicara'.

* Motivasi. Ketika akan memulai karangan, JANGAN menulis hanya karena terpengaruh (ikut-ikutan) dari orang lain. Hanya karena orang lain gemar menulis cerita itu bukan berarti kamu juga harus ikut-ikutan menulis cerita. Bila kamu melakukan ini, kamu akan berakhir kecewa. Dijamin. Mulailah mengarang ketika kamu punya ide yang bagus dan original, hal itu akan berkembang menjadi karangan bagus yang akan dibaca orang.

www.friedenia.com


Guide for Creator * Have fun aja. Kamu tidak dibayar untuk mengarang sebuah cerita. Kamu melakukan ini (aku harap) demi menghibur dirimu sendiri dan orang lain. Bila bagimu mengarang cerita adalah sebuah beban, cobalah untuk istirahat sebentar atau hentikan saja sekalian.

www.friedenia.com

Friedenia guide for creator  

www.fredenia.com

Friedenia guide for creator  

www.fredenia.com

Advertisement