Page 1

06 Tahun 1 Maret 2014

Bridging Your Love

Teknologi

untuk Kemudahan Berbagi Mitra: Amru Rizal Razani, (FORKOM Jerman)

Bincang:

Tips Goz:

Teuku Wisnu

Asuransi Pensiun, Perlu Nggak Sih?


image: world wide web

Dunia adalah lahan amal untuk bekal di akhirat. Seseorang yang mengamalkan ilmunya akan menuai hasil untuk dirinya berupa kebahagiaan abadi


ochre

@HikariAzzahirah


Seorang Ibu penjual jamu gendong sedang menari untuk menghibur sesama pedagang di tengah kerumunan Pasar Beringharjo, Yogyakarta


4

Ikhtisar 09 | Penanganan Trauma Pasca Bencana Penerimaan terhadap hal yang dialami, membantu korban untuk lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam hidupnya.

12 | Menelusuri Jejak Pembagian Zakat Betapa indah gambaran pemerintahan Islam saat itu, zakat yang dipungut dapat menghidupi hajat hidup rakyatnya bahkan hingga ke biaya pernikahan.

06 | Pertolongan Pasti Datang

10 | Kacang aneka rasa dan telur gabus gurih

Akhir Februari lalu RZ menggelar Doa Untuk Indonesia bersama 1000 Anak Yatim Dhuafa

Usaha kuliner binaan RZ cabang Yogyakarta dan Bandung.

serentak di 30 kota. Ikhtiar setelah memberikan bantuan langsung kepada lebih dari 35.231 korban bencana alam.

14 | Efektivitas Sosial Media Sebagai Sarana Berbagi Di Indonesia facebook menempati peringkat keempat pemakai terbanyak sedunia sedangkan twitter berada di posisi kelima.

16 | Teknologi untuk Kemudahan Berbagi RZ sebagai lembaga sosial yang profesional menghadirkan pelayanan dengan menggunakan perangkat canggih untuk mempermudah transaksi antara amil dan donatur. Terobosan yang digulirkan RZ ini, memberikan kemudahan donatur RZ untuk berdonasi kapan pun dan di manapun ia berada.

RZ MAGZ TEAM

Photographer

Address

Call Centre

Consultative Board

Panca Susanto

Jalan Turangga No. 25C

0804 100 1000

Yayan Somantri, Nur Efendi,

Advertisement

Bandung – Jawa Barat

E-mail

Muhammad Trieha

Agustin Santriana

Phone

welcome@rumahzakat.org

Chief Editor

Distribution

(022) 7332407

Web

Iman Sulaeman

Azhar Ahmad

Facsimile

www.rumahzakat.org

Artistic

Marketing Consultant

(022) 7332478

Cover :

M. Yusuf, Irvan A.

AM. Adhy Trisnanto

SMS Centre

@sufisouf

Newsroom

Legal Consultant

0815 7300 1555

Sri Agustina, Prihatin Nurlatifah,

Yayan Sutarna, SH., MH.

Indriyatna S, Sari A Rahmawati

Driven by:


5

42 | Zakat untuk Saudara Sendiri

34 | Kumpulkan ZISWAF di Jerman, Salurkan di Indonesia

Menurut jumhur ulama, yang termasuk ke dalam tanggungan hidup seseorang hanyalah anak, isteri dan orangtua. Sedangkan saudara kandung baik kakak ataupun adik, tidak termasuk ke dalam katagori tersebut.

46 | Lingkungan yang Saling Memotivasi dalam Kebaikan Sebenarnya Islam sudah memiliki konsep berbagi. Tentang kewajiban mengeluarkan 2,5% zakat. Buat saya, berbagi yang ideal itu kalau zakat ataupun sedekah yang disalurkan, dapat dikelola dengan profesional, tepat sasaran dan didukung oleh program-program untuk menyejahterakan rakyat. - Teuku Wisnu

Cukup banyak warga masyarakat muslim Indonesia di Jerman yang mempercayakan dana ZISWAF-nya untuk disalurkan ke RZ melalui FORKOM.

37 | Asuransi Pensiun, Perlukah?

35 | Jauh Dekat Di tengah-tengah dunia yang makin gemerlap dengan nilai-nilai yang bergeser dan terbalik-balik...

Untuk persiapkan pensiun, kebutuhan kita adalah kombinasi antara investasi jangka panjang, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi penyakit kritis.

48 | Kecil yang Menentukan Sekali lagi jangan sepelekan yang seakan tak masuk dalam hitungan. Siapa sangka dari yang dianggap limbah bisa menjadi rupiah. Pilihannya tentu apa saja langkah kecil yang sudah atau akan kita lakukan untuk menembus target kesuksesan yang lebih besar.

COVER STORY Teknologi membawa kita kepada kemudahan, terutama dalam hal berbagi. Anak juara yang terlihat keluar dari dalam sebuah komputer tablet memberi gambaran bahwasanya berbagi itu begitu dekat, seolah si penerima manfaat hadir dihadapan kita. Tak ada batasan geografis dan waktu, dengan teknologi kita bisa berbagi kapan saja dan dimana saja.


6

Nur Efendi

sapa

CEO Rumah Zakat

Pertolongan Pasti Datang

ssalamu’alaikum wr. wb. Segala puji mari bersama kita panjatkan hanya kepada Allah SWT, yang karena rezekiNya, kita masih dapat bersilaturahim meski tanpa bertemu muka dan berjabat tangan. Salam dan shalawat mari bersama kita haturkan kepada pemimpin kita Nabi Muhammad SAW. Semoga di akhirat kelak kita mendapatkan syafaat darinya. Sobat Zakat, Saya teringat sebuah hadist yang berbunyi “Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran”. Rasanya akhir-akhir ini kita memang perlu untuk lebih bersabar karena bencana alam menghampiri secara beruntun. Sebab dia adalah kunci untuk mendatangkan Rahmat Allah SWT. Begitupun dengan doa. Saat manusia sedang mengalami kesulitan Allah hanya menyuruh kita untuk sabar dan shalat. Adapun shalat pada hakikatnya adalah doa. Seluruh bacaan shalat kita itu isinya doa. Dan perlu diingat bahwa kekuatan muslim yang terbesar itu adalah doa.

Oleh sebab itu, akhir Februari lalu RZ menggelar kegiatan Doa Untuk Indonesia bersama 1000 Anak Yatim Dhuafa serentak di 30 kota. Ini adalah ikhtiar setelah kita memberikan bantuan secara langsung kepada lebih dari 35.231 korban bencana alam. Terimakasih atas partisipasi Sobat Zakat yang menyempatkan hadir di acara tersebut. Semoga Allah memberikan yang terbaik atas doa-doa yang telah kita panjatkan. Di awal Februari lalu pun RZ bersama LOTTE Mart menggelar Press Conference yang memaparkan sinergi untuk memberdayakan masyarakat Indonesia. Alhamdulillah bersama LOTTE Mart, RZ telah membantu 11.157 masyarakat Indonesia melalu dana shopping charity. InsyaAllah kerjasama ini akan terus berlanjut, sehingga akan semakin banyak masyarakat kurang mampu yang terbantu. Doakan kami agar tetap amanah dan profesional. Selamat membaca! Wassalamu’alaikum wr. wb.

RZ Magz Maret 2014


7

KALENDER EVENT MARET 2014 Training Entrepeneur Anak Juara

Outing 2, 16, 22, 23 Cirebon, Padang, Pekanbaru, Batam, Yogyakarta

Pusat Pengembangan Potensi Anak 1, 2, 5, 8, 9, 12, 15, 16, 19, 22, 23, 26, 28, 29, 30 Semua Kantor Cabang

9, 11, 16, 22, 23 Surabaya, Malang, Cilegon, Jakarata Timur, Cimahi, Bandung

Surabaya

@ikra Apakah ada beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu dari RZ? Bagaimana cara mengajukannya? nuhun Sobat Ikra, kami memang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu, tapi dengan syarat mahasiswa yang sudah kuliah selama setahun.Silahkan ajukan permohonan melalui kantor cabang kami, sertakan Fotokopi Kartu Keluarga, akte, Pas foto 3x4 sebanyak 2 lembar, fotokopi transkrip nilai semester terakhir, fotokopi KTP pengaju/wali/ortu, fotokopi kartu keluarga dan Surat Keterangan Tidak Mampu. Demikian, semoga membantu

@risna Apakah ada syarat khusus menjadi relawan RZ, misalnya harus mahasiswa?

Pembinaan & Beasiswa 9, 16, 23 Semua kantor Cabang

Launching Pesantren Teknologi 9 Yogyakarta

Sobar Risna, tidak ada syarat khusus harus menjadi mahasiswa dahulu untuk menjadi relawan. Silahkan untuk siapa saja yang mempunyai jiwa sosial tinggi dan mempunyai kepedulian terhadap sesama, kami tunggu kontribusinya. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi kami di twitter @relawanRZ atau facebook Relawan RZ Redaksi menerima karya tulis, saran serta masukan dari Sobat zakat untuk dimuat di RZMagz, kirim ke SMS Center 0815 7300 1555 atau e-mail ke : welcome@rumahzakat.org Untuk tulisan yang dimuat di rubrik Perspektif redaksi akan memberikan kenang-kenangan. rumahzakatfans

@rumahzakat

RZ Magz Jumadil Awal 1435 H

mention

Parenting Class

23


8

Di Sekolah Juara

Yatim Dhuafa Bisa Berprestasi Sesuai Potensi SEKOLAH JUARA adalah lembaga pendidikan formal gratis berkualitas bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu yang menerapkan sistem Multiple Intelligences, sehingga para siswanya dapat berprestasi sesuai potensi. Saat ini RZ (Rumah Zakat) bersama para mitra dan donatur telah mendirikan 14 Sekolah Juara di 12 kota dan mendidik 1762 siswa. Namun saat ini sebanyak 11 Sekolah Juara perlu dibebaskan agar memiliki gedung sendiri sehingga pendidikan para siswanya bisa terus berkelanjutan.

Mari bersinergi menyediakan sarana pendidikan gratis berkualitas untuk anak Indonesia!

Nia Kartini Peraih Medali Perak Olimpiade Seni Puisi Internasional

Aminah Hafidzatunnisa Pemenang Lomba Menulis Tingkat Sumatera

Kartini Juara I Tahfidz Qur’an Kota Bandung

Reski Amelia Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Jerry Pratama Juara I Lomba Menggambar Piala Gubernur Jawa Tengah

Agus Risan Juara I Pidato Bahasa Sunda Kota Bandung

Hanifan Fiddin Peserta Lomba Taekwondo Tingkat Asia

Asma Aulia Komikus Cilik SD Juara Cimahi, Bukunya terbit di Mizan Publishing

Call centre 0804 100 1000 | SMS centre 0815 7300 1555

RZ Magz Maret 2014

welcome@rumahzakat.org | www.rumahzakat.org Call centre 0804 100 1000 | SMS centre 0815 7300 1555 welcome@rumahzakat.org | www.rumahzakat.org

rumahzakatfans

@rumahzakat


9

perspektif

Akhmad Yahya

LPMPA Korps Relawan Salman (KORSA) ITB

Penanganan Trauma Pasca Bencana ndonesia, dengan posisi geografis yang terletak di ujung pergerakan tiga lempeng dunia yaitu Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik, membuat penduduk Indonesia tidak bisa mengelak dari bencana alam. Beberapa bulan terakhir pula kita dihadapkan pada berbagai bencana yang melanda, layaknya episode sinetron yang berkesinambungan. Mulai dari meletusnya Gunung Sinabung di Sumatera Utara, bencana banjir yang melanda hampir merata di seluruh wilayah Indonesia, longsor dan yang terakhir, meletusnya Gunung Kelud di Jawa Timur. Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari bencana yang melanda negeri ini. Salah satunya adalah terbangunnya semangat berbagi, solidaritas kemanusian, kesetiakawanan sosial dan terbangunnya kesalehan sosial diantara umat. Masing-masing komponen bangsa turun membantu. Mengambil peran sesuai kapasitas dan kapabilitasnya. Sudah menjadi keharusan bahwa penanganan bencana harus bisa menyeluruh dan merata, bukan hanya pada penyebaran distribusi bantuan, tetapi juga menyeluruh pada jenis penanganannya. Bukan hanya penanganan masalah fisik saja, tetapi penanganan psikis korban juga sangat diperlukan. Ada beberapa dampak psikologis yang ditimbulkan oleh bencana, diantaranya kecemasan, stress, dan trauma atau dikenal dengan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). Oleh karena itu, diperlukan intervensi psikologis untuk penanganan masalah ini. Intervensi psikologis sebagai bentuk pemulihan stres dan trauma merupakan salah satu bentuk manajemen pasca bencana yang perannya cukup penting dalam siklus manajemen bencana.

Ada beberapa pendekatan yang bisa digunakan dalam intervensi psikologis, baik secara farmakoterapi maupun psikoterapi. Ada tiga tipe psikoterapi yang dapat digunakan dan efektif untuk penanganan PTSD, yaitu anxiety management, cognitive therapy, exposure therapy. Selain itu pendekatan play therapy (terapi bermain) juga bisa digunakan untuk menangani masalah pada anak-anak. Intervensi psikologi yang efektif pada penanganan korban bencana salah satunya adalah dengan memberikan pengenalan korban cara mengatasi stres, yaitu dengan kemampuan melihat makna di balik peristiwa bencana yang dialami. Pendekatan ini bisa dengan menggunakan pendekatan spiritual. Relawan bisa membantu memberikan penguatan keyakinan kepada korban bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan umatNya. Korban perlu meyakini bahwa segala cobaan Allah merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada umat-Nya, untuk membuat kita menjadi lebih baik. Pemantapan keyakinan yang mengolah sisi spiritualitas korban bisa efektif sebagai metode penanganan trauma psikologis korban bencana. Penerimaan terhadap apa yang terjadi dan dialami akan membantu korban untuk bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam hidupnya. Dalam psikologi, ini dikenal dengan istilah strategi coping yang berfokus pada emosi, bukan pada penyelesaian masalah. Dalam Islam kita mengenalnya dengan konsep sabar dan tawakal. Ketika korban sudah bisa menerima dan mengambil hikmah dari kondisi yang dialami, maka tidak akan mengalami stres berkelanjutan. Tetapi, tentu saja strategi ini akan jauh lebih efektif ketika dilakukan dalam basis kelompok korban, bukan individual, sehingga akan bisa saling menguatkan di antara korban.

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


10

Nama Produk : Aneka Kacang Harga : Rp 18.000/bungkus Alamat : Ledoktukangan DN2/242, RT2/RW1, Legalpanggung Danurejan Yogyakarta CP :

kuliner

Ibu Sutarmi (081328201592)

Kacang Aneka Rasa Hasil olahan kacang aneka rasa

Kacang rasa bumbu pecel

RZ Magz Maret 2014

Bahan dasar produk aneka kacang


11

Telur Gabus Gurih Nama Produk : Telur Gabus Gurih Harga : Rp 5000 Cp : Ibu Ajeng (085722515503) Alamat : Gg. Sukaaman RW 2 Kelurahan Cicadas, Kota Bandung

Telur gabus gurih siap saji

Pemilik usaha telur gabus gurih

RZ Magz Jumadil Awal 1435 H


12

Menelusuri Jejak Pembagian Zakat

teropong

ahulu uang negara dikelola melalui lembaga yang disebut Baitul Mal atau semacam Kas Negara. Sebenarnya pengelolaan uang dengan sistem Baitul Mal tersebut telah ada sejak zaman Rasulullah SAW memerintah Madinah, namun baru dilembagakan secara resmi pada masa Kekhalifahan Umar Bin Khattab atas usul seorang Ahli Fiqh yang bernama Walid Bin Hisyam. Saat itu Umar menunjuk Abdullah Bin Arqam untuk memimpin lembaga tersebut. Sedangkan pada masa pemerintahan Khalifah pertama Abu Bakar, pengelolaan keuangan negara masih sama seperti saat Rasulullah memerintah. Di tahun pertama masa pemerintahannya, Abu Bakar mendistribusikan dana yang tersedia di Baitul Mal kepada setiap orang sebanyak 10 dirham. Kemudian jumlah dana yang dibagikan kepada setiap penduduk bertambah menjadi dua kali lipat di tahun kedua masa kepemimpinannya.

Pernahkah terbayang oleh Anda, tidak ada lagi orang yang perlu diberi zakat karena hampir semua penduduknya membayar zakat? Dana pajak dan zakat yang dikumpulkan bisa memenuhi hajat hidup suatu negara? Tentu itu kondisi ideal yang diharapkan, meski ternyata kondisi seperti itu pernah benar-benar terjadi, yaitu pada masamasa pemerintahan Umar Bin Khattab dan juga masa pemerintahan Umar Bin Abdul Aziz yang bahkan berlangsung tak lebih dari tiga tahun.

RZ Magz Maret 2014

Kaum muslimin menikmati hidup dengan lebih makmur dan sejahtera saat kepemimpinan Umar Bin Khattab. Hal itu terbukti dengan tidak ditemukannya penduduk miskin oleh Muadz Bin jabal, seorang staf Rasulullah yang diutus memungut zakat di Yaman. Pada masa Khalifah Abu Bakar dan Umar, Muadz terus bertugas di sana. Abu Ubaid menuturkan bahwa Muadz pernah mengirimkan hasil zakat yang dipungutnya di Yaman kepada Khalifah Umar di Madinah, karena Muadz tidak menjumpai orang yang berhak menerima zakat di Yaman. Namun, Khalifah Umar mengembalikannya. Ketika kemudian Muadz mengirimkan sepertiga hasil zakat itu, Khalifah Umar kembali menolaknya dan berkata, “Saya tidak mengutusmu sebagai kolektor upeti. Saya mengutusmu untuk memungut zakat dari orang-orang kaya di sana dan membagikannya kepada kaum miskin dari kalangan mereka juga.� Muadz menjawab, “Kalau saya menjumpai orang miskin di sana, tentu saya tidak akan mengirimkan apapun kepada Anda.�


13 Pada tahun kedua, Muadz mengirimkan separuh hasil zakat yang dipungutnya kepada Khalifah Umar, tetapi Umar mengembalikannya. Pada tahun ketiga, Muadz mengirimkan semua hasil zakat yang dipungutnya, yang juga dikembalikan oleh Khalifah Umar. Muadz berkata, “Saya tidak menjumpai seorang pun yang berhak menerima bagian zakat yang saya pungut.” Hal tersebut kemudian terulang saat pemerintahan Umar Bin Abdul Azis yang terkenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin kelima. Meski masa pemerintahan Umar Bin Abdul Azis tak sampai tiga tahun, namun kesejahteraan itu sangat terlihat. Yahya bin Said, seorang petugas zakat masa itu berkata, “Saya pernah diutus Umar Bin Abdul Aziz untuk memungut zakat ke Afrika. Setelah memungutnya, saya bermaksud memberikannya kepada orang miskin, namun saya tak menjumpai satu orang pun. Umar Bin Abdul Aziz telah menjadikan semua rakyat pada waktu itu berkecukupan. Akhirnya saya membeli budak dan kemudian memerdekakannya.” Kemakmuran itu bukan hanya di Afrika, tapi juga merata di seluruh penjuru wilayah Khilafah Islam, seperti Irak dan Basrah. Diceritakan saat itu Khalifah Umar Bin Abdul Aziz mengirim surat kepada Gubernur Irak, Hamid bin Abdurrahman agar membayar semua gaji dan hak rutin di provinsi tersebut. Hamid berkata, “Saya sudah membayarkan semua gaji dan hak mereka, namun di Baitul Mal masih terdapat banyak uang.” Khalifah Umar memerintahkan, “Carilah orang yang dililit utang tetapi tidak boros. Berilah dia uang untuk melunasi utangnya.” Abdul Hamid kembali menyurati Khalifah Umar, “Saya sudah membayarkan utang mereka, tetapi di Baitul Mal masih banyak uang.” Kemudian Khalifah memerintahkan lagi, “Kalau ada orang lajang yang tidak memiliki harta lalu dia ingin menikah, nikahkan dia dan bayarlah maharnya.” Abdul Hamid sekali lagi menyurati Khalifah, “Saya sudah menikahkan semua yang ingin nikah. Namun, di Baitul Mal ternyata masih juga banyak uang. ”Akhirnya, Khalifah Umar memberi pengarahan, “Carilah orang yang biasa membayar jizyah dan kharaj. Kalau ada yang kekurangan modal, berilah mereka pinjaman agar mampu mengolah tanahnya. Kita tidak menuntut pengembaliannya kecuali setelah dua tahun atau lebih.”

bahkan hingga ke biaya pernikahan. Tentu dibutuhkan keahlian, kejujuran dan integritas dari para pengelolanya. Melihat sejarah gemilang yang pernah ditorehkan dahulu, sebenarnya Islam telah memberikan solusi yang tepat untuk menyejahterakan rakyat melalui zakat.

Zakat Masa Sekarang Berabad kemudian tentu teknologi untuk penarikan zakat telah semakin modern. Tidak lagi diambil satu persatu ke rumah warga seperti yang dilakukan pada zaman sahabat, meski pada kenyataannya masih saja ada pembagian dan penarikan manual yang dilakukan masyarakat di pedesaan saat zakat fitrah. Seiring dengan perkembangan teknologi makin beragam pula cara menunaikan zakat. Baznaz dan Laz semakin kreatif untuk membuat edukasi ke masyarakat tentang kesadaran berzakat. Komunitas-komunitas berbagi yang terbentuk semakin kreatif menularkan ‘virus berbagi’ kepada masyarakat. Outputnya bermacam-macam, ada yang berbentuk barang, uang maupun sharing ilmuilmu yang bermanfaat. Jejaring social semacam twitter dan facebook menjadi media yang cukup efektif untuk menarik perhatian masyarakat agar turut berpartisipasi di dalamnya. Dengan segala kemudahan yang ada, diharapkan masyarakat akan semakin tergugah untuk mendonasikan dana zakatnya sesuai dengan cara yang dinilainya paling meringankan. Sehingga potensi dana zakat yang 217 triliun di Indonesia dapat digali dan dimanfaatkan secara optimal.

Betapa indah gambaran pemerintahan Islam saat itu, zakat yang dipungut dapat menghidupi hajat hidup rakyatnya bahkan hingga ke biaya pernikahan

Betapa indah gambaran pemerintahan Islam saat itu, zakat yang dipungut dapat menghidupi hajat hidup rakyatnya

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


14

teropong

Efektivitas Social Media Sebagai Sarana Berbagi

Pada era digital abad 21 saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan pada kehidupan manusia. Sarana untuk mengakses informasi kini semakin mudah didapatkan. Beragam gadget menjadi tren masyarakat di Indonesia, mulai dari smart phone hingga tablet. Pengguna gadget saat ini mengalami peningkatan secara signifikan sehingga proses transmisi pesan pun tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu. Seseorang dapat mengakses informasi dan melakukan komunikasi dengan berbagai pihak di belahan dunia manapun tanpa dibatasi jarak dan waktu. Globalisasi teknologi informasi dan komunikasi secara umum menjadi tren gaya hidup di masa kini. Adanya perkembangan teknologi inilah yang akhirnya melahirkan “Sosial Media� sebagai sarana untuk memudahkan komunikasi antar sesama pengguna seperti facebook, twitter, dan youtube.

RZ Magz Maret 2014

ocial media seperti facebook dan twitter kini menjadi tren baru bagi masyarakat Indonesia sebagai media untuk berkomunikasi. Dari sekedar update status, sharing informasi tentang beragam kegiatan, memasarkan suatu produk bahkan dapat digunakan sebagai sarana untuk berbagi. Penggunanya pun tak mengenal batas generasi, dari anak usia Sekolah Dasar hingga bapak atau ibu-ibu paruh baya. Menurut Dody Dharma, alumni Komputer Sains di Institut Teknologi Bandung, dan owner perusahaan IT Nightspade, social media adalah sarana untuk berinteraksi sosial, pertukaran ide-ide atau informasi dalam sebuah komunitas. “Sekarang ini social media identik dengan media komunitas virtual di internet,� ungkapnya. Social media kini menjadi angin segar bagi perkembangan komunikasi di zaman modern. Meski tak dapat dipungkiri, seringkali media virtual seperti itu justru dapat menjauhkan yang dekat atau juga mendekatkan yang jauh, semua bergantung kepada penggunanya.


15 Sarana Efektif Untuk Berbagi Di Indonesia facebook kini menempati peringkat keempat pemakai terbanyak sedunia sedangkan twitter berada di posisi kelima. Adanya tren ini menandakan social media merupakan sarana efektif untuk berbagi karena dengan adanya media ini seseorang bisa berada dalam komunitas yang sangat besar di dunia ini. Facebook memiliki pengguna terbesar di dunia dengan memiliki lebih dari 1,2 miliar member di dunia, 64 juta pengguna di antaranya dari Indonesia. Sehingga siapapun bisa berbagi dan berpotensi dilihat oleh semua orang di penjuru dunia. Tentu masih segar dalam ingatan, tentang kasus yang sempat mengemuka di media microbloging bernama twitter, tentang sebuah akun sedekah dimana sang pemiliknya sempat memosting berbagai foto anak yang tengah memerlukan bantuan dana untuk pengobatan. Hebatnya, dalam waktu tak sampai seminggu bantuan yang didapatkan mencapai 10 juta rupiah. Banyak orang yang membacanya, kemudian men-share dan akhirnya tergerak untuk memberikan donasi. Meski akun tersebut ternyata ditutup akibat penyalahgunaan kepercayaan terhadap donasi yang diberikan. Namun bukan di situ titik tekannya, melainkan pada kehebatan platform socmed berisi 140 karakter tersebut dalam menyebarkan informasi dan menarik simpati para followersnya. “Kalau melihat beberapa akun di twitter yang melakukan kegiatan penggalangan dana sosial adalah akun yang mempunyai jumlah follower yang banyak. Akun tersebut berhasil membuat followernya terlibat untuk sharing pengalaman, komentar bahkan dana kegiatan sosial.

Teknologi internet mendorong manusia untuk melakukan ekplorasi komunikasi ke beragam tempat tanpa harus

Hal ini dibuktikan dengan konfirmasi transfer. Jika sosok dibalik akunnya tepat, ceritanya sesuai dan menyentuh, serta transparan dalam penggunaannya, maka akan efektif menggalang dana sosial menggunakan social media,� jelas Ferdian, Dosen Sistem Informasi Telkom University. Adanya booming pengguna teknologi social media banyak penyebabnya sehingga social media begitu populer saat ini. Namun satu hal yang pasti adalah terhubungnya manusia dengan manusia lain melalui teknologi internet. Teknologi internet mendorong manusia untuk melakukan ekplorasi komunikasi ke beragam tempat tanpa harus berpindah tempat. Terkait dengan penggalangan dana sosial, hari ini bisa jelas terlihat bagaimana mencari donasi bagi korban bencana alam seperti banjir bandang maupun gunung meletus di berbagai daerah di Indonesia sangat efektif disebar melalui social media. Menurut admin twitter RZ, dalam waktu sehari biasanya selalu saja ada orang yang bertanya tentang bagaimana cara berdonasi, atau ada saja donatur yang mengonfirmasi donasinya melalui fasilitas direct message di twitter. “Kami memang standby di twitter, bahkan setelah selesai jam kerja di kantor, kami tetap fast respon apabila memang ada pertanyaan dari donatur yang memerlukan jawaban segera. Bisa dibilang twitter memang disetting untuk aktif 24 jam,� ungkap admin dari RZ. Selain itu, twitter RZ memang menjadi sarana untuk memberikan report secara tidak langsung kepada para donatur. Berbagai foto kegiatan penyaluran diposting di sana, sehingga hal tersebut bisa menjadi bukti pertanggung jawaban atas donasi yang telah disalurkan kepada penerima manfaat. Sehingga peran twitter untuk lembaga zakat seperti RZ memang tidak bisa dikecilkan, ia menjadi sarana efektif untuk berinteraksi dengan donatur maupun calon donatur. “Social media adalah sebuah media online yang memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi, saling berbagi dari berbagai arah, berbeda dengan media konvensional lain yang umumnya satu arah saja,� ungkap Slamet Sukardi, seorang Praktisi Konsultan Social Media.

berpindah tempat.

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


16

Teknologi

teropong

untuk Kemudahan Berbagi

Dunia dalam genggaman, kalimat itu agaknya tepat untuk menggambarkan segala yang terjadi sekarang. Di abad ke 21 ini apa sih yang tidak bisa direkayasa? Bahkan tekonologi kloning pun sudah berkembang, terlepas dari segala kontroversi yang menyertainya. Dalam sekejap segala aktivitas yang berada di jarak paling jauh pun dapat terpantau, dapat termonitor bahkan dari layar beberapa inchi saja. Ada yang bilang bahwa hanya satu yang tidak bisa dilakukan oleh manusia, yaitu menghidupkan orang mati atau memberikan nyawa pada manusia atau makhluk lainnya. RZ Magz Maret 2014

“RZ memberikan kemudahan luar biasa kepada masyarakat yang akan berdonasi dengan banyaknya payment gateway yang disediakan, kapanpun, di manapun dan dengan cara apapun bisa berdonasi di RZ,� (Slamet Sukardi, donatur) engaruh perkembangan teknologi bagi kehidupan manusia dapat dilihat dari dua sisi, sisi positif dan sisi negatif. Manfaat positif dari berkembangnya teknologi salah satunya untuk meningkatkan marketing penjualan suatu produk. Sehingga dari sudut pandang ekonomi bagi pengusaha, dengan semakin majunya teknologi dapat mempercepat ekspansi penjualan produknya tidak hanya di kawasan lokal, tetapi juga secara nasional bahkan dapat merambah pasar dunia dengan menggunakan media on line. “Pengaruh negatif teknologi bisa bisa menjangkiti siapapun termasuk anak-anak, sehingga orang tua perlu mendampingi buah hatinya ketika mereka menggunakan internet agar situs-situs yang tidak mendidik tidak dapat


17 diakses,� ucap Setria Utama Rizal, Dosen Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Dengan kehadiran perangkat teknologi seperti telepon seluler jelas memudahkan berbagai macam aktivitas maupun transaksi yang dibutuhkan. Dari mulai hal standar seperti short message servise atau SMS, mengakses internet, hingga ke transaksi keuangan maupun berbicara seolah tengah langsung berhadapan. Kecanggihan teknologi itulah yang pada akhirnya harus bisa dimanfaatkan secara optimal untuk kebaikan. Metode pengumpulan zakat yang dilakukan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Indonesia juga tak mau ketinggalan. RZ sebagai lembaga sosial yang profesional dan biasa menerima donasi baik dari perorangan, maupun perusahaan telah menghadirkan pelayanan dengan menggunakan perangkat canggih untuk semakin mempermudah transaksi antara amil dan donatur. Terobosan yang digulirkan RZ ini, tentu memberikan kemudahan kepada donatur RZ untuk berdonasi kapan pun dan di manapun ia berada, tidak perlu repot menunggu petugas yang mengambil secara manual, pun tidak perlu mencari waktu luang untuk mendatangi kantor LAZ terdekat di kotanya. “Pemanfaatan teknologi untuk melakukan transaksi membutuhkan transparansi pelaporan dan responsif terhadap donatur yang bertransaksi. Pemilihan alternatif cara donasi melalui teknologi merupakan cara yang tepat,� tutur Ferdian, Dosen Sistem Informasi Telkom University yang juga donatur aktif RZ.

BNI Syariah, BRI Syariah, Permata, Permata Syariah, OCBC NISP, BJB Syariah dan CIMB Niaga. >Paypal Dengan metode online purchase, Paypal menjadi salah satu pilihan kemudahan bagi Sobat Zakat. Klik www.rumahzakat.org/paypal.html untuk berbagi secara online. >Donasi Via Blackberry Anda dapat berdonasi melalui RZ lewat Blackberry dengan mendownload aplikasi zakat di http:// rumahzakat.petanidihital.com/ >Recurring via Kartu Kredit Ketik Nomor Kartu Anda#Batas Masa Berlaku#Jenis Program#Jumlah Uang kirim ke SMS center di nomor 0815 7300 1555 atau email ke welcome@rumahzakat. org. Customer Relation kami akan menindaklanjuti data Anda >Transfer Antar Rekening Berdonasi bisa dilakukan secara mudah dengan melakukan transfer donasi ke nomor rekening donasi nasional RZ. Dan kemudian melakukan konfirmasi ke kontak center kami. >Donasi Online

Lalu kemudahan yang bagaimana yang disajikan oleh RZ, sebagai NGO international dan sebagai Laz yang profesional?

Dengan mengakses www.rumahzakat.org, Anda dapat langsung membayar ZIS dan donasi lainnya secara online, dengan menggunakan mandiri ClickPay, ipay88 dan lainnya.

>ATM ATM mempunyai kepanjangan Anjungan Tunai Mandiri. Mesin untuk mengambil uang cash yang sekarang mudah didapatkan dimanapun Anda berada. ATM mempunyai banyak aplikasi di dalamnya, termasuk juga aplikasi untuk berzakat. Anda bisa memilih menu zakat di ATM-ATM yang bekerjasama dengan RZ, untuk kemudia melakukan transaksi donasi zakat di sana. Setelahnya Anda tinggal memberikan laporan bahwa Anda telah menunaikan zakat di ATM dengan besaran tertentu dan bertujuan untuk apa. ATM yang menyediakan menu zakat tersebut antara lain, Mandiri, BNI,

Pendaftaran iCard Scan:

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


18

Belanja

dan Beramal ak kurang cara untuk bisa berbagi. Berbagai kesempatan, entah kapan pun atau di manapun, berbagi tetap bisa dilakukan. Bermacam cara yang dilakukan oleh berbagai komunitas juga. Sebagai contoh orang yang suka menulis, maka tulisan yang inspiratif tentu tepat dijadikan sarana untuk berbagai. Pun dengan orang yang suka belanja, mereka tetap saja bisa beramal dengan cara memanfaatkan kembalian untuk didonasikan. Kali ini RZ menggagas program belanja sambil beramal yang bekerja sama dengan beberapa gerai yang sudah mempunyai pelangggan tetap seperti Lotte Mart, SB Mart dan juga toko buku Gramedia.

Uang Kembalian untuk Donasi Pendidikan Lotte Mart adalah hypermarket yang berasal dari Korea dan menjual berbagai kebutuhan rumah tangga seperti makanan, pakaian, serta barang elektronik. Di Indonesia sendiri, Lotte Mart ini terdiri dari 23 cabang. Kerja sama dengan Lotte Mart adalah bagian dari kemudahan yang digagas oleh RZ, sesuai dengan segmen para pelanggan yang kebanyakan tentu ibu rumah tangga yang tengah berbelanja untuk keperluan sehari-hari. Bersama RZ, Lotte Mart bekerja sama untuk mengelola uang kembalian dari para pelanggan yang dikenal dengan istilah shopping charity. Dana yang terkumpul setiap bulan disalurkan untuk membantu biaya pendidikan bagi anak-anak di Sekolah Juara. Selain itu juga CSR dari Lotte Mart ini diperuntukkan untuk program kesehatan melalui program Siaga Sehat. Siaga Sehat memberi layanan berupa pemeriksaan kesehatan umum, pemberian makanan tambahan, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan asam urat dan penyuluhan. “Ini salah satu inovasi yang dimanfaatkan LOTTE Mart dan RZ untuk mempermudah setiap orang yang ingin berbagi.

RZ Magz Maret 2014


19 Dengan shopping charity ini, para donatur dapat langsung berdonasi di kasir usai belanja dengan nominal sumbangan yang relatif kecil. Sebab shopping charity hanya mengambil rupiah terkecil kembalian belanja,” jelas Nur Efendi, Chef Excecutife Officer RZ. Nur Efendi menambahkan bahwa sepanjang tiga tahun kerja sama RZ dan Lottemart sudah 11.157 penerima manfaat merasakan manfaatnya. Mereka bukan hanya berasal dari kalangan Muslim, tapi juga non-Muslim. Semenjak 2011 Gerai Lotte Mart telah menyalurkan dana CSR sebesar Rp5,5 miliar melalui RZ. Commercial Director PT LotteMart Indonesia Donny S Handoko berharap kerja sama dengan RZ terus berlangsung. Tahun ini, LotteMart akan fokus pada bidang kesehatan dan pendidikan. Di bidang pendidikan, tahun ini akan digelar pelatihan mengenai anak autis. “Kami prihatin dengan jumlah anak autis yang meningkat. Kami mencoba memberi informasi bagaimana menghandle anak autis, dimana sekolah bagi mereka dan informasi seputar ini,” kata Donny.

Berbelanja Sambil Bersedekah Dengan jargon “Berbelanja Sambil Beramal,” shopping charity yang digagas RZ dan SB Mart mendapat sambutan yang cukup antusias dari para pelanggannya. SB Mart adalah salah satu unit usaha dari Koperasi Sejahtera Bersama yang bergerak dalam bidang perdagangan kebutuhan pokok sehari-hari. Konsep donasi yang digagas oleh RZ dan SB Mart juga tidak berbeda dengan Lotte Mart, yaitu dengan mengelola uang kembalian sebagai dana pendidikan. “Kami sering kesulitan dalam penyediaan uang recehan untuk kembalian konsumen sehingga kami memiliki ide menawarkan kepada konsumen untuk mensedekahkan uang kembalian tersebut. Alhamdullilah respon dan antusiasme dari konsumen sangat besar bahkan bukan hanya uang recehan yang disumbangkan tetapi lebih dari itu, sehingga setiap tahun kami mampu menghimpun dana dari konsumen cukup besar,” ujar Iwan Setiawan, Komisaris dan Ketua Koperasi SB Mart.

Jabodetabek, Sukabumi dan Cianjur. Tahun 2015 SB Mart rencananya sudah bisa memiliki 1000 gerai. SB Mart melalui program biaya SUKKA Pendidikan ingin membantu anak-anak yang membutuhkan biaya untuk melanjutkan sekolahnya. Hingga Januari 2014 SB Mart telah memberikan donasi SUKKA Pendidikan sebesar Rp19.000.000 kepada RZ. Beasiswa tersebut diberikan kepada penduduk yang tinggal di sekitar gerai SB Mart. Selain itu juga diberikan donasi sebesar Rp97.205.294 untuk beasiswa khusus. “Kami menghaturkan banyak terima kasih untuk RZ dan SB Mart atas bantuan beasiswa yang telah diberikan untuk anak-anak didik kami” tutur ustadz Fahmi salah satu tim pengajar di Masjid Jami Nurul Futuh, Bogor, tempat penyaluran beasiswa SUKKA kepada anak juara.

Gramedia, untuk Dana Darurat Bencana Berbeda dengan Lotte Mart dan SB Mart yang memang menyasar konsumen yang berbelanja kebutuhan seharihari, Gramedia menyasar segmen pelajar dan mahasiswa yang memang lebih sering berbelanja buku atau keperluan sekolah di sana. Shopping charity yang dihimpun oleh Gramedia dan RZ sejumlah Rp90.000 yang telah digunakan untuk mebantu korban bencana alam di Gunung Sinabung dan banjir bandang di Manado. Tahun lalu dana shopping charity dari Gramedia digunakan untuk merenovasi tujuh sekolah agar lebih nyaman digunakan. Program Renovasi Fasilitas Sekolah ini pun memiliki tujuan mendukung tercapainya program MDGs poin kedua yakni, “Mencapai Pendidikan Dasar untuk Semua dan ketujuh yaitu Memastikan Kelestarian Lingkungan Hidup.”

Awal berdiri pada tahun 2010, SB Mart membangun Distribution Center di Bandung yang men-support 250 gerai di wilayah Jawa Barat. Distribution Centre yang ke-2 dibangun di Depok yang dapat men-support kurang lebih 650 gerai yang direncanakan akan dibuka di wilayah

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


20

Berbagi

Sebagai Kebutuhan Manusia

“Jagalah diri kalian dari neraka walaupun dengan separuh kurma (yang disedekahkan).� (HR. Bukhari No. 1413)

alam hadits tersebut terlihat jelas keutamaan muslim yang menyedekahkan apa yang dimilikinya. Meski hanya dengan separuh kurma, maka hal itu dapat menghindarkan kaum muslim dari api neraka. Bersedekah berarti berbagi apa yang dimilikinya kepada orang lain. Berbagi merupakan fitrah setiap manusia. Karena manusia diciptakan oleh Allah, maka sifat-sifat Sang Pencipta menurun pada makhluknya. Hal ini terkait juga dengan manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Saat manusia kembali pada fitrahnya, maka akan lahir kebahagiaan, kepuasan serta ketenangan.

Berbagi Dari Sisi Psikologi Berbagi memang telah menjadi fitrah manusia. Namun, tidak serta merta semua orang mudah untuk melakukannya. “Banyak faktor yang memengaruhi kondisi tersebut. Misalnya saja karena lingkungan, pola asuh keluarga, dan tujuan hidup,� terang Eva Fatimah, pengajar bimbingan dan informasi pendidikan, Nurul Fikri.

RZ Magz Maret 2014


21 Berdasarkan hierarki kebutuhan yang digagas Abraham Maslow, manusia memiliki lima kebutuhan yang pemenuhannya berjenjang. Jika salah satu kebutuhan belum terpenuhi, maka kebutuhan di atasnya tidak dapat dipenuhi. Kebutuhan paling dasar manusia yaitu kebutuhan fisiologis. Kebutuhan fisiologis berkaitan dengan hal-hal fisiologik seperti udara, makan, dan minum. Setelah kebutuhan dasar ini terpenuhi, maka manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan selanjutnya yaitu rasa aman. Kebutuhan ini meliputi jaminan keamanan, stabilitas, perlindungan, serta bebas dari rasa takut dan cemas. Dari kebutuhan ini lahirlah asuransi, undang-undang, dan pensiun. Selanjutnya kebutuhan sosial, termasuk di dalamnya kebutuhan untuk dicintai dan mencintai. Setiap orang ingin memiliki hubungan yang hangat dan akrab serta butuh menjadi bagian dalam masyarakat dan keluarga. Jika ketiga kebutuhan tersebut telah terpenuhi, maka lahirlah kebutuhan akan harga diri. Kebutuhan ini terkait faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi percaya diri, kekuatan, kompetensi, dan kemandirian. Sedang faktor eksternal meliputi ketenaran, dominasi, kebanggaan, dianggap penting dan apresiasi dari orang lain. Jika kebutuhan ini terpenuhi, maka orang tersebut akan tampil sebagai orang yang percaya diri, dan siap untuk meraih kebutuhan tertinggi yaitu aktualisasi diri. Jika mengacu pada teori yang digagas Maslow, maka kebutuhan orang untuk berbagi tidak sama. “Tergantung, ada di level mana tingkat kebutuhannya. Kalau untuk cari makan saja susah, maka cenderung sulit untuk berbagi,� ujar Eva.

Berbagi merupakan fitrah setiap manusia. Saat manusia kembali pada fitrahnya, maka akan lahir kebahagiaan, kepuasan serta ketenangan.

Spiritual Awareness Dalam setiap teori, pasti akan ada data pencilan. Misalnya jika kita mengacu pada teori dasar Maslow, maka individu yang belum terpenuhi kebutuhan dasarnya, yang untuk makan pun masih sulit, cenderung sulit untuk berbagi. Namun, pada kenyataanya ada individu yang ringan untuk berbagi meski kebutuhan dasarnya belum terpenuhi. Hal tersebut berkaitan dengan spiritual awareness. Bagaimana kebutuhan spiritual dalam diri seseorang menggerakkan dirinya melakukan kebaikan, meski dirinya berada dalam keadaan yang sangat sulit. Spiritual awareness berkaitan dengan keimanan dan ketaqwaan masing-masing individu. Individu dengan ketaqwaan tinggi tidak lagi sekedar memikirkan pemenuhan kebutuhan dasar. Meski kebutuhan tersebut belum terpenuhi, mereka memiliki keyakinan yang sangat kuat bahwa dengan berbagi, maka Allah yang akan memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Perhatian, Kepedulian, Dan Kasih Sayang Berbagi harta benda selayaknya bukan hal asing lagi bagi umat muslim. Berbagi harta benda melalui zakat, infaq dan sedekah telah ditanamkan pada diri umat muslim sejak kecil. Berbagai media dan tausiyah pun sering menjadi pengingat kita untuk melakukan hal ini. Namun, bagaimana dengan berbagi perhatian, kepedulian, dan kasih sayang? Kuat dan cepatnya arus kehidupan membuat kita disibukkan dengan tumpukan deadline, target dan pencapaian. Benar ungkapan Al Syahid Hasan Al Banna bahwa kewajiban kita lebih banyak daripada waktu yang tersedia. Waktu yang terbataspun tersita untuk menuntaskan berbagai kewajiban itu. Di tengah waktu yang terbatas itu, masihkah kita berbagi perhatian, kepedulian, dan kasih sayang dengan orangorang di sekitar kita? Masihkah dalam padatnya target pencapain kita, kita meluangkan waktu untuk berbincang hangat dengan orang terdekat? Pernahkah kita menatap hangat sambil memegang erat tangan orang-orang terkasih? Apakah pernah kita mengunjungi orang-orang yang kita santuni, memeluk dan memberikan senyuman terbaik kita? Semoga, selain berbagi harta benda, kita pun ingat untuk membagi perhatian, kepedulian, dan kasih sayang. Sebab ada jiwa yang berhak untuk dipenuhi kebutuhannya, bukan hanya raga.

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


22

Mengapa Konfirmasi Menjadi Penting? entu karena niat bisa menentukan sampai tidaknya amal atau perbuatan yang telah digagas sejak awal. Sebagai LAZ yang telah berumur lebih dari satu dekade, RZ mempunyai banyak donatur loyal atau juga donatur musiman, yang sesekali menyalurkan donasinya di RZ. Karena itu pula RZ mempunyai banyak teknologi kemudahan agar para donatur bisa lebih mudah menyalurkan donasinya. Namun setelah itu diharapkan donatur bisa mengonfirmasikan donasinya melalui : 1. SMS Center RZ ke 081573001555 2. ZIS Consultant atau 3. Email melalui welcome@rumahzakat.org Sebab akad itulah yang kemudian akan menentukan kemana donasi tersebut ditujukan. Karena setiap donatur mempunyai tujuan yang berbeda atas donasinya. Mungkin ada yang digunakan untuk wakaf bangunan sekolah, untuk membiayai adik asuhnya, untuk zakat penghasilan, atau juga untuk membantu mitra binaan RZ yang membutuhkan sarana dan pra sarana dalam usahanya. Semua mempunyai peruntukannya masing-masing, karena itu konfirmasi donasi sangat diperlukan untuk optimalisasi dana-dana yang sudah ditransfer dan diniatkan oleh para donatur untuk tujuan apa.

RZ Magz Maret 2014

“Donasi yang masuk ke RZ kan jumlahnya miliaran, tak jarang hanya ada nomor rekening tanpa nama, sehingga kami tidak tahu donasi itu milik siapa dan akan disalurkan kemana. Karena itu kami memohon kepada para donatur agar memanfaatkan teknologi kemudahan yang telah kami gagas demi tersalurkannya dana tersebut ke pihak-pihak yang membutuhkan,� ungkap Asep Nurdin, Chef Funding Officer RZ. Lalu untuk apa dana-dana unidentified tersebut? Tentu saja dana-dana tersebut tetap disalurkan, akan tetapi masuk melalu pos shadaqah, yang bisa jadi berbeda dengan niat awal sang donatur ketika mentransfer donasinya ke RZ. Setelah melakukan konfirmasi anda dapat mengecek transaksi melalui login donatur di web RZ. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga amanah yang telah diberikan para donatur kepada RZ, selain itu bukti konfirmasi zakat juga dapat digunakan sebagai bukti pengurang pajak. Sebagai donatur, Anda bisa melakukan empowering visit untuk melihat langsung bukti dari donasi yang telah Anda berikan. Anda bisa berkunjung ke Sekolah Juara, Klinik Pratama RBG maupun membeli langsung produk-produk hasil dari pemberdayaan binaan RZ. Dengan segala kemudahan tersebut, bantu dan doakan kami agar tetap amanah dan profesional!


23

Perkembangan Program RZ Januari 2014 Rumpun Program

Jenis Program Layanan Bersalin Gratis Klinik RBG Khitanan Massal Operasi Katarak Gratis Bantuan Kesehatan Layanan Pengantaran Ambulans Program Promotif Kesehatan dan Kuratif ICD

orang orang orang orang orang Pengantaran orang

Beasiswa Ceria Beasiswa Juara Sekolah Juara Gizi Sang Juara Bantuan Bebas Pendidikan

7.653 162 1.762 149 1.693

orang orang orang orang orang

Bantuan Wirausaha Pembinaan Masyarakat Bantuan Ekonomi Lainnya Agropolitan

2.835 9.203 1.883 201

orang orang orang orang

148 3 3 18 28

unit orang unit unit unit unit unit

Penyaluran Superqurban

10.294

paket

Relawan Inspirasi Kampus Relawan Penyaluran Siaga Bencana

2.769 40 23.234

orang orang orang

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H

progress

Program Lainnya

Satuan

3.060 7.093 145 15 1.755 67.481

Water Well Kampung Berseri (Bersih, Sehat, dan Asri) Urban Farming M-Net (Masjid Internet) Masjidku Merdu Pembangunan / Renovasi Mesjid Program Pelestarian Lainnya Superqurban

Januari


24

jurnalis cilik

SD Juara Jakbar Tidak Bocor dan Becek Lagi SD Juara yang terletak di Kemanggisan Jakarta Barat ini sudah berubah 180 derajat. Kini, anakanaknya sudah nyaman untuk belajar dan gurugurunya semakin semangat mengajar. Semuanya senang karena SD Juara Jakbar tidak bocor dan becek lagi ketika hujan datang. Dulu sebelum indah dan cemerlang, sekolah kami selalu bocor dan becek ketika hujan deras. Itu karena air merembes dan di beberapa kelas atapnya ada yang bolong. Dulu ketika kami baru pindah ke Kemanggisan, atap di ruangan tengah tempat kami upacara dan sholat masih beratapkan langit. Sehingga ketika hujan datang kegiatan belajar jadi terganggu. Tetapi sekarang sudah beratap material dan rapi. Tak hanya itu saja, kini kami juga punya lab komputer yang bagus. Ruangan yang ber-AC, di lengkapi dengan LCD, dan ada beberapa komputer. Sehingga pelajaran komputer lebih mudah dan menyenangkan. Sekarang tidak hanya dijelaskan tapi langsung dicontohkan dan dicoba. Ada lagi perubahan yang ada di sekolah kami, sekarang kami memiliki ekskul baru yang wajib diikuti oleh semua siswa (kecuali kelas 6), yaitu ekskul pramuka. Ini berawal dari adanya donatur yang memberikan baju pramuka untuk siswa dan guru

RZ Magz Maret 2014

Nurul (Siswa Kelas VI SD Juara Jakarta Barat)

di sekolah kami. Maka sejak saat itu, setiap hari rabu kami ada ekskul pramuka. Awalnya hanya ada satu orang pembina pramuka kami. Kak Kadir namanya. Tapi sekarang Kak Kadir bersama dua orang lagi yang membantunya. Kakak-kakak yang membantu Kak Kadir itu masih sekolah juga, sekolah di SMA. Di pramuka kami diajarkan banyak hal. Bernyanyi, sandi, beberapa jenis tepukan, dan lain-lain. Ekskul pramuka itu sangat menyenangan, begitu menurut teman-teman. Sayangnya kelas 6 tidak sempat merasakan ikut ekskul pramuka karena harus persiapan untuk menghadapai ujian. Sekarang jarak dari rumah ke sekolah kami lebih jauh dari sebelumnya. Jadi kami menggunakan mobil jemputan, ada juga yang mengunakan ojek, ada juga yang pindah rumah dekat lokasi sekolah, dan ada pula beberapa teman kami yang pindah sekolah. Kadang kala dikarenakan beberapa hal seperti mobil jemputan kami mogok, jalan sangat macet, dan lain sebagainya menyebabkan kami terlambat datang ke sekolah bersama-sama. Untuk kelas 1 dan 2 yang ikut mobil jemputan juga harus menunggu agak lama ketika pulang, karena kelas 1 dan 2 pulang lebih awal. Itulah beberapa perubahan yang terjadi di sekolah kami. Banyak yang menyenangkan, walau pun ada juga tantangannya.


komik


26

Seandainya Aku Bisa Menghilang Aku Mau...

seandainya

Syahim, 2,4 tahun, Kebumen – Jawa Tengah Mau ke surga. Mau minum di sungai susu sama sungai madu Syahim.

Vien Raissa Dealova, 8 tahun, Bandung Ke istana biar jadi princess, ajak ayah bunda biar jadi king dan queen.

M. Ghifari Maulana, 11 tahun, Bandung Mau ketemu Wayne Rooney, minta sepatunya, terus diajak ke Indonesia biar bisa ngajarin sepak bola ke anak-anak Indonesia.

Pertanyaan edisi selanjutnya:

Seandainya aku ke mana saja, maka aku mau ke.... Buat kamu para RZ Cilik, kamu punya kesempatan untuk mengirimkan jawabanmu. Kirimnya ke welcome@rumahzakat.org. Dengan Subject: Seandainya.... Tulis juga nama lengkap, umur dan asal daerah. Sertakan fotomu juga ya.... Jawaban diterima redaksi paling lambat 20 April 2014. Jawaban yang menarik akan diterbitkan di RZ Magz lho.... Itu berarti kesempatan buatmu untuk menginspirasi anak-anak se-Indonesia. Ayo RZ Cilik, buktikan kalo kamu sangat menginspirasi. 6^.^9 RZ Magz Oktober Maret 2014 2013


27

kaleidoskop

PGN DAN RZ HADIRKAN 5 TOILET PORTABLE UNTUK 500 PENGUNGSI KELUD BANDUNG. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bersama RZ hadirkan 5 toilet portable untuk 500 pengungsi di posko pengungsian Kelud. Selain itu, disalurkan juga 500 paket makan siang, 500 paket makan malam, kornet, air mineral, air bersih, air panas, makanan ringan, masker, selimut, handuk, obat-obatan, suplemen, alat mandi, dan alat kebersihan. Hari ini, Senin (17/2) dapur umum di posko PGN dan RZ menambah kompor gas dan tabung menjadi tujuh unit.

“Kami juga menghadirkan tenaga ahli medis di posko pengungsian. Kebanyakan para pengungsi terserang batuk, pilek, sakit kepala dan diare,� ujar Indra, Relawan RZ di posko pengungsian, Senin (17/2). # Sari A Rahmawati

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


28 AKSI SIAGA SEHAT DI WILAYAH ICD ABE PANTAI JAYAPURA JAYAPURA. Sebagai komitmen RZ dalam memberikan pelayanan kesehatan, tim RZ bersama para relawan menggelar aksi Siaga Sehat di wilayah Integrated Community Development Abe Pantai Jayapura, Sabtu (8/2). “Warga sangat antusias mengikuti aksi ini karena begitu jarang mendapatkan pelayanan kesehatan yang terpadu,� ungkap Anggun Suryanti selaku tim Siaga Sehat RZ.#Anggun Suryanti

KEBIASAAN BERBAGI SISWA SD IK MAKKAH KOTA PADANG PADANG. Kegiatan berbagi dapat dilakukan oleh siapa saja dan tentunya jika ada kemauan akan lebih mudah dan menyenangkan. Kegiatan berbagi dilakukan oleh Para Siswa SD Islam Kreatif (IK) Makkah Padang yang beralamat di Jl. Mangunsarkoro, Jati Kota Padang dengan cara menempatkan kotak infak di masing-masing kelasnya, Rabu (5/2). # M. Anggara

CIMB NIAGA SYARIAH SALURKAN DANA CSR DI SD JUARA SEMARANG SEMARANG. CIMB Niaga Syariah adalah salah satu mitra RZ cabang Semarang yang telah mendonasikan dana Corporate Social Responsbility untuk menghadirkan ruang kelas baru bagi siswa kelas VI SD Juara Semarang. Pembangunan dimulai dari bulan Mei 2013 hingga Oktober 2013. Selesai pembangunan, SD Juara Semarang melaksanakan launching ruang kelas baru, Rabu (12/2) dengan mengundang pihak mitra yang diwakili oleh jajaran Direksi CIMB Niaga Syariah Kantor cabang Semarang, sedangkan dari RZ cabang Semarang diwakili oleh Regional Head Jawa, Warnitis.# Muhammad Zainal Abidin

RZ Magz Maret 2014


29

SMP JUARA RAIH JUARA OLIMPIADE SAINS TINGKAT RIAU PEKANBARU. Tim mading SMP Juara Pekanbaru meraih juara III lomba mading tiga dimensi dalam Olimpiade Sains Biologi Se-Riau 2014. Tim ini dimotori oleh Yulia, Anto, dan Ilham. “Alhamdulillah selama 2013 para siswa dari 14 Sekolah Juara yang ada di 12 kota/kabupaten meraih 294 penghargaan di berbagai bidang keahlian,” tutur Nur Efendi, CEO RZ, Senin, (3/2). Pencapaian ini dapat diraih para siswa Sekolah Juara tak lain karena sinergi yang dibangun RZ dengan berbagai pihak. # Sari A Rahmawati.

BERSAMA RSUZA, PERINGATI HARI GIZI DENGAN SALURKAN MAKANAN SEHAT UNTUK PASIEN ACEH. Peringati hari gizi, RSUZA (Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin) dan RZ (Rumah Zakat) cabang Aceh salurkan paket makanan sehat untuk 50 pasien rawat inap RSUZA, Minggu (23/2). Selain itu, dilakukan juga penyaluran Beasiswa Ceria untuk 42 siswa SD, SMP dan SMA. #Riyadhi

50 PAKET PERLENGKAPAN SEKOLAH TERSALURKAN DI MAGELANG MAGELANG. Untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN), RZ cabang Magelang bersama Wartawan Lereng Tidar (Walet) memberikan bingkisan kepada 50 anak asuh dalam acara “Festival Kupat Tahu (FKT) 2014,” di alun-alun Kota Magelang, Minggu (9/1). Acara ini digelar dalam rangka menyukseskan program pemerintah Kota Magelang tahun 2015 yakni “Ayo Ke Magelang”.#Asih Dwi Septiyorini

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


30 RELAWAN RZ BERSIHKAN DAN HIJAUKAN 226 MASJID JAKARTA. Hingga Januari 2014, Relawan RZ telah bersihkan dan hijaukan 226 masjid di nusantara. Gerakan Masjidku Bersih dan Hijau yang dimulai April 2013 ini melibatkan 1.450 relawan RZ di 32 kota, mulai dari Aceh hingga Papua. Dalam aksi ini, relawan membersihkan masjid, menanam tanaman dan menyalurkan bantuan peralatan kebersihan.#Sari A Rahmawati

PEMBINAAN ANAK JUARA BERSAMA DANNIS COLLECTIONS DAN RZ SURABAYA. RZ cabang Surabaya menggelar pembinaan bagi Anak Juara bersama Dannis Collections, Minggu (9/2). Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulan ini dihadiri oleh para mentor dan orangtua Anak Juara. Kali ini para mentor berbagi ilmu dan pengalaman tentang makna kasih sayang, dan diakhir acara digelar ceramah tentang kesehatan reproduksi. #Munawaroh

GRAMEDIA DAN RZ SALURKAN BANTUAN KORBAN SINABUNG DAN MANADO JAKARTA. PT Gramedia Asri Media bersama RZ menyalurkan bantuan kepada korban erupsi Sinabung dan banjir Manado, Rabu (5/2). Bantuan berupa 180 paket buku bacaan, 180 alat tulis, 180 paket selimut, 55 paket popok anak, 55 paket pembalut wanita, 180 paket multivitamin, 125 paket masker, 360 L minyak goreng “Dana bantuan yang disalurkan bersumber dari dana CSR Gramedia. Kerja sama ini merupakan bentuk kepedulian Gramedia dan RZ terhadap berbagai bencana yang kini sedang melanda Indonesia,� tutur CEO RZ Nur Efendi.# Sari A Rahmawati

RZ Magz Maret 2014


31

KLINIK PRATAMA RBG MEDAN GELAR HYPNOBIRTHING MEDAN. Klinik Pratama Rumah Bersalin Gratis RZ cabang Medan menyambut Miladnya Minggu (16/2), menggelar beberapa kegiatan seperti: Senam hamil, hypnobirthing, kelas edukasi ASI dan USG Gratis. “Terima kasih adanya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali ,� ujar Tika salah seorang peserta. Senam yang diikuti oleh 34 ibu hamil dibuka dengan pemaparan tentang program unggulan layanan untuk kehamilan oleh Branch Head Klinik Pratama RBG RZ cabang Medan Hariyanty Thahir. Di akhiri acara para peserta diberikan layanan dengan USG Gratis. # Hariyanty Thahir

SINERGI RZ BERSAMA PT SEMEN INDONESIA HASILKAN 3 PRODUK OVOP TUBAN. PT. Semen Indonesia bersama RZ bersinergi dalam project desa OVOP (One Village One Produk). Masyarakat binaan RZ ini telah menghasilkan tiga produk berbasis potensi lokal, diantaranya: Tepung Mocaf dari Desa Karanglo, Enting-enting Coklat dari Desa Pongpongan dan Emping Jagung dari Desa Temandang. # Nur Hidayati

AKSI SIAGA SEHAT BANK BPD SYARIAH DIY LAYANI 236 PM YOGYAKARTA. Dalam rangka Ulang Tahunke-7 Bank Pembangunan Daerah (BPD) Syariah D.I. Yogyakarta menggelar Aksi Siaga Sehat, di Desa Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progro dan Hunian tetap (huntap) Batur, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Sabtu (15/2). Acara yang dilaksanakan masing-masing melayani 132 penerima manfaat (PM) dan 104 PM.#Derajat Prasojo

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


32

1000 ANAK YATIM DHUAFA BERDOA UNTUK INDONESIA JAKARTA. RZ mengadakan Doa Untuk Indonesia Bersama 1000 Anak Yatim Dhuafa dan juga khataman Al Qur’an, di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Minggu (23/2). Doa bersama tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memohon hal terbaik kepada Allah SWT untuk negara Indonesia yang di awal tahun ini menghadapi bencana seperti banjir, longsor, hingga gunung meletus .#Sari A Rahmawati

BERSAMA LOTTE MART BERDAYAKAN 11.157 WARGA JAKARTA. 11.157 warga menerima layanan manfaat dari program pemberdayaan masyarakat, kerja sama LOTTE Mart dan RZ. Bidang yang terberdayakan adalah kesehatan, pendidikan dan lingkungan. Dananya digalang melalui program shopping charity. “Kerja sama ini telah berlangsung tiga tahun,” ujar Donny S. Handoko, Commercial Director PT. LOTTE Mart Indonesia dalam Press Conference kerja sama LOTTE Mart dan RZ, Rabu (12/2).# Sari A Rahmawati

BERSAMA PERTAMINA BERDAYAKAN MASYARAKAT INDONESIA JAKARTA. PT Pertamina Gas bekerjasama dengan RZ melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program pemberdayaan masyarakat dan bantuan Infrastruktur. Pemberdayaan yang dilakukan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat secara terpadu dalam bentuk desa binaan, Bank Sampah & Composting, serta Budidaya Jamur Merang di wilayah kerja PT. Pertamina Gas Jawa Bagian Barat (JBB) khususnya di Bitung dan Cilamaya. Adapun bantuan infrastrukturnya berupa pembangunan 6 titik Waterwell dan Perbaikan Ruang Kelas di area JBB serta 3 titik bantuan infrastruktur di area Pangkalan Brandan, Medan.# Diky Taufik

RZ Magz Maret 2014


33

Atribut

rest area

image: world wide web

Beberapa bulan ini Indonesia, negeri tempat kita hidup

“Iya, jadi memakai atribut lembaga bagi relawan itu wajib.

ini tengah diberi ujian dan peringatan berupa banjir

Di belahan dunia manapun kalo relawan terjun ke wilayah

dan letusan gunung berapi. Ya tentu saja ini mengetuk

bencana meski mengenakan atribut sebagai pengenal.

hati sejumlah relawan yang terjun langsung ke lokasi

Apapun latar belakang organisasi relawan tersebut,” jelas

bencana. Relawan dari berbagai lembaga sosial dan

Jarwo

partai politik turut hadir berdatangan di lokasi bencana.

“Ya tapi kan...”

Tentu melihat ini korban bencana merasa terobati karena masih ada yang peduli dengan kesulitan mereka. Tapi teman minum kopi saya, Bastian, nampak misuh-misuh melihat kejadian tersebut sewaktu kita nongkrong di sebuah warung kopi. “Riya’ itu mah! Kampanye di daerah bencana!” “Lah kok gitu Bas?” tanya saya. “Lho iya, kalo mau nolong ya nggak usah bawa-bawa

“Lagipula jika tanpa atribut pengenal, saya khawatir Superman malah jadi enggan untuk menolong orang lagi, karena dituduh riya ya mas..” canda saya. “Hahaha benar itu, apalagi atribut dia paling mencolok hahaha...” Kami semua tergelak, kecuali Bastian yang masih manyun kekeuh dengan pendapatnya itu.

atribut. Apalagi parpol-parpol itu” “Lah kalo gak bawa atribut nggak memenuhi prosedur sebagai relawan dong,” ujar Jarwo, rekan kantor saya. “Oh ya?”

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


34

partner

Kumpulkan ZISWAF di Jerman, Salurkan di Indonesia Tak kenal waktu dan letak geografis, zakat memang selalu menjadi sedekah wajib yang manfaatnya dapat dirasakan banyak orang. Bagi muzzaki, harta menjadi suci dan berkah. Bagi mustahik, kehidupan menjadi lebih mudah. Dana zakat juga dikelola di Jerman. Salah satu pengelola dana zakat adalah FORKOM Jerman (Forum Komunikasi Masyarakat Muslim Indonesia Se-Jerman). Berikut adalah wawancara dengan Amru Rizal Razani, salah satu donatur RZ yang mengurusi koordinasi pengumpulan ZIS melalui wadah FORKOM.

Bagaimana mekanisme pengumpulan dana zakat di FORKOM ini? Untuk memenuhi fungsi pelayanan penyaluran dana zakat dari muzakki, FORKOM menjalin kerja sama dalam hal pengumpulan dan penyaluran dengan beberapa institusi zakat di tanah air, salah satunya adalah RZ. Kerja sama tersebut tertuang di atas surat perjanjian resmi yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak. Setiap bulannya FORKOM menerima saluran zakat bulanan dari para muzakki yang tersebar di seluruh Jerman. Zakat tersebut dikumpulkan dalam beberapa jangka waktu. Dana yang sudah terkumpul dikirimkan ke tanah air melalui transfer bank maupun dalam bentuk tunai. Cara baru yang sudah mulai dilaksanakan adalah bekerja sama dengan salah satu (atau lebih) mahasiswa Indonesia yang kuliah di Jerman. Mahasiswa tersebut dikirim sejumlah dana oleh orangtuanya dari Indonesia. Dana ZISWAF yang diperoleh FORKOM diberikan kepada mahasiswa yang bersangkutan, sehingga orang tuanya dapat mentransfer RZ Magz Maret 2014

ke rekening tujuan mitra kerja FORKOM di Indonesia. Cara lainnya adalah dengan menitipkan dana ZISWAF kepada mahasiswa yang sudah kami percaya untuk membawa dan menyerahkannya langsung kepada Tim RZ saat dia pulang ke Indonesia. Kalau boleh tahu, sumber dana yang didapat FORKOM Jerman dari mana saja? FORKOM membutuhkan pendanaan untuk organisasinya sendiri dan program kerja yang akan dijalankan. Untuk menjalankan roda keorganisasian FORKOM, maka pendanaan FORKOM datang dari komitmen masingmasing konstituen pengajian kota. Pemasukan lain yang didapat FORKOM adalah dari dana infaq, baik infaq perorangan maupun infaq kolektif yang diserahkan untuk dipergunakan sebagai biaya operasional FORKOM. Selain dari itu FORKOM dalam beberapa programnya juga mendapatkan dukungan Perwakilan RI (KBRI Berlin), KJRI Hamburg serta KJRI Frankfurt. Pendanaan juga datang dari donatur/sponsor baik berupa perorangan ataupun perusahaan untuk mendanai beberapa kegiatan FORKOM. Apa latar belakang FORKOM Jerman bekerjasama dengan RZ? FORKOM Jerman melihat bahwa RZ adalah salah satu institusi zakat di Indonesia yang sudah dipercaya oleh publik dan masyarakat Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri. Sebagai bukti, cukup banyak warga masyarakat muslim Indonesia di Jerman yang mempercayakan dana ZISWAF-nya untuk disalurkan ke RZ melalui FORKOM. Bahkan jumlahnya bertambah dari tahun ke tahun. Selain itu, pengurus FORKOM juga menilai bahwa Tim RZ sudah dikenal profesional dan cepat tanggap dalam bekerja sama, begitu pula dalam melayani permintaan dari para konsituen FORKOM Jerman.


35

AM Adhy Trisnanto

Marketing Consultant Rumah Zakat, merupakan salah seorang perintis industri periklanan moderen Indonesia

how dhy

Jauh Dekat emarin saya bertemu seorang teman, orang iklan, orang kreatif, yang sedang menikmati cuti enam bulan setelah sekian puluh tahun bekerja. Bayangkan, biasanya sehari-hari dikejar deadline, kemudian cuti, bebas dari tekanan pekerjaan. Mungkin rasanya seperti terhempas ke bawah dari tempat tinggi, atau sebaliknya terlontar ke atas dari tempat rendah. Tapi yang dia lakukan tidak memungkinkannya mengalami hal demikian. Dia memanfaatkan waktunya tidak untuk berwisata ke luar negeri, melainkan untuk mendatangi kota-kota kecil di pelosok negeri. Dengan sengaja hidup berbaur dengan orang-orang yang termarjinalkan, seperti tukang becak misalnya. Dengan mata berbinar dia kisahkan pengalamanpengalamannya, nyaris semuanya bisa disebut pengalaman spiritual, yang memperkaya kemanusiaan dan imannya. Sepotong ceritanya tentang khotbah Jumat di masjid Kauman Semarang. Demikian antusiasnya dia menyimak khotbah, sampai-sampai mengeluarkan buku kecil dan bolpen untuk mencatat. Di masjid itu pengkhotbah bertutur tentang nilai-nilai kehidupan dengan menuturkan ulang kisah tentang Rasulullah. Salah satu bagiannya tentang pemaknaan jauh dan dekat. Yang jauh itu bukan matahari, bintang, atau Afrika, melainkan masa lalu. Yang dekat itu bukan istri, suami, anak, melainkan kematian... Khotbah begini di kota besar justru jarang terdengar. Di kota besar kita lebih sering mendengar khotbah tentang korupsi, atau kelakuan liar orang-orang yang dianggap public figure. Masa lalu dikatakan jauh, karena ketika kita merasa punya pengalaman dahsyat (positif maupun negatif), ingin mengulang atau menghapus pengalaman itu, dengan ikhtiar seperti apapun tidak akan mungkin bisa kita lakukan. Masa lalu tetap adalah masa lalu, tak akan pernah berulang kembali. Jangankan yang berjarak bulanan, apalagi tahunan, yang baru saja terjadi sejam yang lalu belum tentu

bisa diulang. Sedangkan kematian adalah peristiwa yang dekat, karena bisa terjadi dalam hitungan detik, bahkan detak, tanpa terduga sama sekali. Tetangga yang semalam masih ngobrol ramai di pos ronda, pamit karena ngantuk, tahu-tahu subuh sudah kaku jadi mayat. Diguncang kuatkuat di saat subuh, tidak ada lagi tanda-tanda kehidupan... Meski demikian, bisa saja ada situasi lain yang menganggap kematian adalah sesuatu yang masih jauh, ketika seorang terbaring sakit, dan orang-orang yang disayanginya hanya sesekali datang menengok. Menit-demi-menit dilalui dalam kesunyian dan penderitaan, dia berharap kematian datang segera, tapi tidak juga datang. Dia merasa demikian lama harus menunggu saat itu. Justru ketika dia bosan menunggu, baru ajal tiba. Sebaliknya masa lalu bisa juga jadi dekat, karena kita pandai memelihara kenangankenangan indah, atau menyesali perbuatan buruk dan memaafkan diri sendiri... Teman saya, Jaya Suprana sering berujar, hidup ini adalah menanti kematian. Mungkin dia benar, karena justru hidup ini ada untuk mencari bekal bagi kematian. Orang Jawa bilang, hidup di dunia ini sekedar mampir ngombe, mampir untuk minum. Cuma sesaat, tapi ada kehidupan yang amat sangat jauh lebih panjang dari sesaat itu. Maka apa gunanya berpestapora di saat minum, tetapi sesudah itu merana panjang. Seandainya saja kita masingmasing setiap saat berpikir begitu. Tapi agar kita punya kesadaran demikian bukanlah hal mudah, di tengah-tengah dunia yang makin hari makin tampak gemerlap dengan nilai-nilai yang bergeser dan terbalik-balik. Cara teman saya tadi, memanfaatkan liburan dengan masuk dalam kehidupan nyata orang-orang termarjinalkan, mungkin salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penyegaran nilai-nilai spiritual kita.

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


36

sinergi

Mitra

Program

BANK CIMB NIAGA TBK

Program Qurban

BANK MANDIRI

BANK DANAMON INDONESIA

Program Donasi Reward Point

HONDA TRADING INDONESIA

Beasiswa Juara

DAKWATUNA.COM

URZ Dakwatuna Peduli

INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA

Pelatihan Siaga Posyandu

WIJAYA KARYA

Water Well

PERTAMINA GAS

Pembangunan Fasilitas umum di Pangkalan Brandan

PERTAMINA GAS

Pembuatan MCK Air bersih, Perbaikan Langitlangit, dinding dan lantai keramik di wilayah kerja PT Pertamina Gas

Merchant

BP3 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ABATA

Optimalisasi Dana Zakat

PT. BANK JABAR BANTEN SYARIAH

Pembayaran ZIS di seluruh fasilitas Perbankan dan EDC Milik PT. Bank bjb

PENJAMINAN INFRASTRUKTUR INDONESIA

Payroll ZIS Karyawan

PT. BANK JABAR BANTEN SYARIAH

Ayo Ke Bank Berqurban Di Teller Kami

YAYASAN MASJID AT TAUFIQ

Pengelolaan Dana ZIS

Pelayanan Tabungan Co-Branding Untuk Penyaluran Dana Mustahik

BANK CIMB NIAGA TBK

PT. BANK BRI SYARIAH

Penerimaan Pembayaran ZIS dan Qurban

YAYASAN K-LINK PEDULI

Pengelolaan Dana Zakat Perusahaan

SANESTRI BANGUN JAYA

Unit Rumah Zakat

KRAKATAU KONSULTAN

Pengelolaan ZIS

PERTAMINA GAS

Desa Binaan dan Program CSR 2013 di Distrik Cimalaya

Adhe Purnama (PT. Perusahaan Pelayaran Spectra Tirta)

Infaq/Shadaqah

PERTAMINA GAS

Desa Binaan dan Program CSR 2013 di Distrik Bitung

Ayam Penyet Surabaya-dr Mansyur

Zakat Profesi

Babussalam Travel

Beasiswa ceria SMP

PERTAMINA MOR REGION III

Pelatihan dan pendampingan keoperai Cikusa Patra Mandiri kelurahan Gerem Kota Cilegon

Bank Indonesia

Beasiswa Juara SD

PERTAMINA MOR REGION III

Pemberdayaan Masyarakat kelurahan Gerem Kota Cilegon

Bazis BTN cab. Kediri

PERTAMINA MOR REGION III

Pertamina Sehati di Posyandu di Desa

Bimbel Tridaya

Zakat Profesi

BPRS Amanah Sejahtera

Infaq/Shadaqah

CV Duta

Zakat Profesi

PERTAMINA MOR REGION III

Pengembangan Kewirausahaan Kerupuk Kembang Rose di Desa Belimbing, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang

CV Opus Indonesia Muda

Beasiswa ceria SD

CV. Bumi Advertising

Infaq/Shadaqah

PT. SANESTRI BANGUN JAYA

Kerjasama Penerimaan Pembayaran ZIS dan dana keagamaan secara online

YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM

Optimalisasi Dana Zakat Yayasan

PT. NUSANTARA TURBIN DAN PROPULSI

Beasiswa Khusus

HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT

Dompet Peduli yatim

YAYASAN BAITUL JIHAD KEMANG PRATAMA

Kerjasama Pengelolaan Zakat, Infak, dan Shodaqoh

RUMAH SAKIT HASANAH GRAHA AFIAH

Payroll Zakat Karyawan Dan Dokter

CV WIDIA MAULIANA

Shopping Charity

YAYASAN BINA INSAN ZAKAT

Superinfak

RUMAH ATHAR

Shopping Charity

FOOD COURT SUDIRMAN PLAZA

Shopping Charity

PT. TRIMEGAH MEDIA PRIMA

Beasiswa Ceria

DKM AT TAQWA DENSO INDONESIA GRUP

Beasiswa Ceria

BANK DANAMON INDONESIA

Penerimaan Pembayaran dana ZIS dan Quban

PT. DIHITAL JAYA SOLUSI

Pengumpulan Zakat Melalui Selular dan Aplikasi Multimedia

GERBANG SINERGI PRIMA

Office Channeling

YAYASAN INDONESIA BANGKIT MANDIRI

Pengelolaan Dana ZIS

PERTAMINA EP ASSET 1 FIELD RANTAU

Program Pendampingan dan Pelatihan Kerajinan bordir

PT. POS INDONESIA

Pengumpulan dana ZIS dan Qurban

RUMAH SAKIT AL-ISLAM

Pengelolaan Dana Zakat Profesi Dan Infaq Shadaqah di rumah sakit Al-Islam

KELOMPOK TANI MANGROVE WONOREJO

Program Penanaman dan Perawatan Mangrove

PT. HARIFF DAYA TUNGGAL ENGINEERING

Pengelolaan Donasi PT Hariff

PT. SEMEN INDONESIA

One Village One Product

PT. SEMEN INDONESIA

Siaga Posyandu

YAYASAN MASJID SALAHUDDIN DIREKTORAT JENDRAL PAJAK

Management-Pengelolaan ZIS

JAKARTA INTERNASIONAL CONTAINER TERMINAL

Klinik Sehat JICT

KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH

OPTIMALISASI PENGUMPULAN DAN PENDAYAGUNAAN ZAKAT UNTUK PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO MELALUI KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH/ KOPERASI BAITUL MAAL WAT-TAMWIL (KJKS/ KBMT)

BANK MANDIRI

Penerimaan Pembayaran Zakat, infaq dan Shadaqoh

DKM ASY SYIFA RS BHINEKA BHAKTI HUSADA

Pengelolaan Dana ZIS

Beasiswa Ceria

Donasi Icard

UPZ AL KHIDMAH KORPRI

BANK DANAMON INDONESIA

Payroll Zakat

Program Kedai Gizi Balita

DKM MASJID AL-FATH

Program Superinfaq

PEMBANGUNAN JAYA ANCOL YAYASAN BINA INSAN MULIA BATAM

Pengelolaan ZIS

DKM AL FURQON

Pengelolaan Dana Zakat

PT. BANK MEGA SYARIAH

Tabungan Qurban

PT. MIZAN GRUP

PT. ASTRA HONDA MOTOR

Optimalisasi ZIS

TOWER BERSAMA GRUP

Monik Keliling

PT. ASURANSI ADIRA DINAMIKA

i-card

PERUSAHAAN GAS NEGARA

PT. PROCTER & GAMBLE HOME PRODUCTS INDONESIA

Pengelolaan Dana Zakat Dewan Komisaris, Direksi dan Karyawan PT. Perusahaan Gas Negara

Desa Sehat

YAYASAN MAJELIS TA'LIM TELKOMSEL

UPZ Pengelola Zakat MTT Telkomsel

CPA XPRESS

Kartu Diskon BAITUL MAAL KRAKATAU STEEL

Program Persiapan Pendirian dan Pelaksanaan SD Juara Cilegon

SKYE SAB INDONESIA

RZ Magz Maret 2014

Program Layanan E Money

Mitra

Program

Operasi atau layanan kesehatan secara umum Dana Non Cash : Dana Infaq dan Shodaqoh

Infaq/Shadaqah CV. Jroh Communications

Beasiswa ceria SMA Beasiswa ceria SMP Beasiswa ceria SD

CV. Zhafira

Zakat Perdagangan

Equalitaz Laundry

Zakat Profesi

Islamic Development Bank (OIC Alliance)

Islamic Development Bank (OIC Alliance) Infaq/Shadaqah Beasiswa ceria mahasiswa

MITRA IHSAN SEJAHTERA

Beasiswa ceria SMA Beasiswa ceria SMP Beasiswa ceria SD

PT Abadi Express PT Centro Links Indonesia

Zakat Profesi Infaq/Shadaqah Zakat Perdagangan

PT FADILLINDO JASA ANTARAN

Beasiswa ceria SMP

PT INJOYNESIA

Zakat Perdagangan

PT Khalisha Entreprise

Zakat Perdagangan

PT PERTAMINA GAS

Pendampingan Masyarakat

PT PGN SBU II Surabaya

EduCare Non Program

PT Waru Abadi

ICD Non Program

PT. INDO COGNITO

Bantuan Bebas P3A

PT. Pertamina EP Field Rantau PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

Beasiswa ceria SD

pelatihan kewirausahaan Bantuan pembangunan infrastruktur Bantuan Bebas Siaga Sehat EduCare Non Program

PT.PERTAMINA EP FIELD JAMBI

Beasiswa ceria SMA Beasiswa ceria SMP

RS Sufina Azis

Insidental Bencana Alam


37

tips goz

Ahmad Gozali

Independent Financial Planner, Wealth Optimizer, Chairman of Zelts Consulting

Asuransi Pensiun, Perlukah? etiap dari kita akan mengalami masa pensiun, cepat atau lambat. Apa yang terjadi di masa pensiun? Dari kacamata keuangan, yaitu stopnya penghasilan dari apa yang kita lakukan, bekerja sebagai karyawan, profesional maupun pebisnis yang menjalankan bisnisnya sendirian. Oleh karena itu, di masa pensiun tersebut kita sudah tidak lagi mengandalkan pada “apa yang dilakukan” tapi mengandalkan pada “apa yang dimiliki” atau sering disebut sebagai penghasilan pasif. Dan yang kedua yaitu secara fisik memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi dibanding saat masih muda. Ini juga tentu memerlukan penanganan tersendiri secara keuangan. Agar biayanya tidak memberatkan, bahkan menggerogoti kekayaan yang dikumpulkan. Penghasilan pasif bisa diperoleh dengan 3 jalur. Jalur pertama yaitu memiliki sejumlah asset properti yang dapat disewakan. Selain nilai pokoknya yang cenderung naik, properti bisa memberikan hasil bulanan atau tahunan saat disewakan sehingga bisa menjadi pengganti gaji. Kata kuncinya di sini adalah properti dengan nilai sewa yang tinggi, bukan properti yang mudah dijual-beli atau yang prospek naik harganya tinggi. Jalur kedua penghasilan pasif yaitu asset kertas yang diinvestasikan dengan imbal hasil rutin. Kata kuncinya adalah imbal hasil rutin atau dalam dunia keuangan disebut dengan fixed income, kebalikan dari growth income. Di masa aktif bekerja, investasi lebih banyak asset pada growth income (reksadana, saham, emas, dll) untuk meningkatkan volume dengan optimal. Tapi di masa pensiun, fokus investasinya adalah pada fixed income (deposito, sukuk) yang memberikan pengganti uang gaji dengan risiko minim. Dan jalur terakhir adalah dengan memiliki bisnis yang menghasilkan. Ingat, kata kuncinya adalah “memiliki” bisnis, bukan “menjalankan” bisnis. Fokusnya bukan pada profit

lagi, tapi pada deviden tunai. Menjadi “on the business” bukan lagi “in the business”. Persiapan kedua yaitu manajemen risiko. Karena pensiun tidak sendirian, tapi bersama pasangan, maka pastikan asset itu bisa terbentuk saat kita ada atau tiada. Karena akhir dari pensiun juga artinya memberikan legacy, maka pastikan asetnya tidak tergerogoti jika sakit terjadi. Di sini kita perlu yang namanya manajemen risiko, dan asuransi pensiun bisa menjadi salah satu solusinya. Untuk persiapkan pensiun, kebutuhan kita adalah kombinasi antara investasi jangka panjang, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi penyakit kritis. Investasi jangka panjang dalam asuransi pensiun biasanya bersifat konservatif dan minim risiko. Ada asuransi jiwa sehingga ada santunan untuk keluarga jika tidak mencapai usia pensiun. Atau menjadi warisan bagi keluarga jika mereka sudah dewasa. Dan yang lebih penting lagi, memiliki perlindungan terhadap sakit kritis dan perawatan rumah sakit karena risiko ini bertambah tinggi saat masuk usia pensiun.

Untuk persiapkan pensiun, kebutuhan kita adalah kombinasi antara investasi jangka panjang, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi penyakit kritis.

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


38

solusi vindhy

Vindhy Fitrianti, S.Psi

Dosen, Trainer & Praktisi Emotional Freedom Technique

Menghadapi Syndrom Baby Blues

Assalamualaikum Wr. Wb. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Teh, bagaimana menghadapi sindrom baby blues? Saya baru punya anak pertama, dan ketakutan-ketakutan nggak bisa mengasuh anak makin nyata. Eni, Purwakarta

Wa’alaikumussalam Wr. Wb. Teh Eni, barakallahu, semoga dengan kehadiran anak pertamanya membawa keberkahan yang senantiasa bertambah, menjadi anak yang shaleh/shalehah. Aamiin Jika membahas tentang baby blues, di banyak literatur disebutkan bahwa kondisi ini memang dialami oleh hampir 80% ibu yang baru melahirkan. Artinya, ini kabar baik, Teh Eni tidak sendirian. Memang menjadi ibu yang baru melahirkan itu kadang seperti dua sisi mata uang. Satu sisi merupakan waktu yang terbaik, namun di sisi yang lain bisa terasa seperti waktu yang terburuk. Ketika mengalami baby blues entah kenapa muncul rasa sedih, sensitif, cemas, dengan disertai ketakutan. Dan ini menjadi serba membingungkan. Bukankah seharusnya memiliki bayi yang selama ini dinantikan membuat setiap ibu sangat bahagia, kan? Lalu kenapa ini malah kebalikannya ?

RZ Magz Maret 2014

Banyak sekali faktor yang melatarbelakanginya, mulai dari perubahan hormonal yang secara drastis terjadi antara kondisi mengandung dengan tidak, kelelahan fisik luar biasa pasca melahirkan, yang tentunya kelelahan ini terkadang tidak bisa “dibalas” dengan istirahat yang cukup karena bayi yang cukup sering terbangun atau perlu disusui. Lalu bisa juga disebabkan karena kekecewaan tentang kondisi ideal yang ada dalam harapan, baik tentang bayi maupun situasi/tindakan medis saat melahirkan bahkan mengenai masa depan. Atau juga stres mengenai kondisi hubungan dengan suami. Intinya banyak faktor yang dapat menyebabkan baby blues ini. Teh Eni dapat mulai “membaca” kondisi yang melatar belakangi, karena solusi yang dibutuhkan untuk setiap orang tentunya berbeda. Sebelum dibahas lebih lanjut, sebagai informasi, kondisi baby blues ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Hal ini akan terjadi seiring adaptasi yang terjadi terhadap kehidupan baru, yang benar-benar berbeda dibandingkan dengan saat bayi mungil ini belum hadir. Meski demikian, pada sebagian ibu, kondisi baby blues ini bukannya mereda, namun berlanjut menjadi depresi berkepanjangan yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas pengasuhan terhadap anaknya. Oleh karena itu, ikhtiar pencegahan depresi berkepanjangan dan percepatan pemulihan dari baby blues ini menjadi penting untuk dilakukan. Niatkan untuk menjaga amanah yang Allah SWT percayakan pada kita.


39 Dan perlu digarisbawahi bahwa apa yang akan dibahas di bawah ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan jika ketakutan yang dirasakan Teh Eni terjadi pada mingguminggu awal kelahiran. Namun jika kondisi ini terjadi sampai hitungan bulan, atau Teh Eni merasa ketakutan yang ada sampai mengganggu kehidupan sehari-hari, atau Teh Eni menjadi menolak bahkan merasakan kecenderungan untuk menyakiti sang bayi, saya sangat menyarankan Teh Eni bertemu dengan psikolog untuk membantu lebih dalam. Karena dikhawatirkan apa yang terjadi adalah lebih dari sekedar baby blues, yakni depresi pasca melahirkan. Baik, mari kita mulai bahas apa saja yang Teh Eni dapat lakukan untuk mengatasi kondisi baby blues ini : Pertama, ceritakan perasaan yang Teh Eni alami pada mereka yang paham. Mungkin saudara, atau teman yang juga telah memiliki anak. Mereka juga mungkin mengalami kondisi ini. Dengan begitu, Teh Eni akan semakin memahami bahwa baby blues itu akan hilang dan semua akan baik-baik saja. Kedua, hindari kesendirian atau hanya mengurung diri di rumah. Luangkan waktu untuk berinteraksi dengan kerabat atau teman di luar sana. Tentunya ini dilakukan jika kondisi fisik memungkinkan. Terlalu lama berada di dalam rumah dengan dinding-dinding yang membatasi cukup berpengaruh terhadap kondisi psikis ibu. Pergilah mungkin ke taman, masjid, toko buku, atau ke tempat baik manapun yang disukai. Ketika bertemu dengan orang-orang, ada perasaan bersyukur ketika melihat ekspresi orang lain yang rata-rata senang saat melihat bayi mungil yang kita gendong. Ketiga, miliki support group. Ya, memiliki komunitas dengan kondisi yang sama-sama sebagai orang tua muda dapat membantu untuk bertukar pikiran dan perasaan, bahkan saling menguatkan. Keempat, tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan. Keluarga dan teman-teman biasanya tidak akan keberatan untuk memberikan bantuan ketika Teh Eni memintanya. Mintalah bantuan. Apakah untuk membantu memasak makanan, bahkan mengawasi anak agar Teh Eni dapat beristirahat. Kelima, tidak perlu selalu perfect. Maksudnya, banyak dari kita yang ingin kondisi serba sempurna. Kondisi rumah misalnya. Harus bersih, tidak ada barang yang menumpuk, semua ada di tempatnya. Untuk saat ini,

pekerjaan rumah tangga bukan menjadi prioritas utama. Ketika ada kerabat yang berkunjung, tujuan utama mereka adalah melihat sang bayi, bukan isi rumah. Jadi mulailah untuk memprioritaskan, delegasikan tugas rumah tangga sehari-hari. Memiliki bayi yang baru lahir di minggu-minggu awal memerlukan perhatian yang lebih banyak. Maafkan diri sendiri ketika melihat ada pekerjaan rumah tangga yang belum beres. Keenam, berolahraga ringan. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga rutin dapat membantu mengatasi depresi. Ketujuh, makan makanan yang menyehatkan. Ketika asupan makanan kurang bernutrisi, semangat bisa menurun. Selain itu kondisi tubuh ibu yang masih dalam kondisi pemulihan memerlukan nutrisi yang baik. Tidak hanya makanan, minum yang kurang pun dapat memperburuk kondisi. Kedelapan, beritahu suami apa yang dapat ia lakukan untuk membantu. Hal ini sangat penting. Kebanyakan ibu menyimpan apa yang sedang dirasakannya sendiri, dan ini sangat tidak disarankan. Dan banyak suami yang sebenarnya ingin untuk membantu meringankan kondisi sang istri, tapi ia tidak tahu pasti caranya. Kedelapan hal di atas mudah-mudahan dapat membantu Teh Eni untuk lebih baik. Dan di atas itu semua, mohonlah pertolongan pada Allah dengan ketundukan dan kekhusyuan. Salam hangat untuk keluarga dan si kecil tentunya. Selamat berikhtiar.

kondisi baby blues ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Hal ini akan terjadi seiring adaptasi yang terjadi terhadap kehidupan baru

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


40

dr. Hilmi Sulaiman Rathomi

Lulus dengan predikat cum laude dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kandidat Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran, Senior Healthcare Manager RZ

resep dokhil

Bagaimana Menyembuhkan Jerawat Assalamualaikum wr wrb, Dokter bagaimana penanganan jerawat yang tepat, mengingat jerawat yang ada di wajah saya besar-besar dan merembet sampai leher. Ini sudah terjadi sejak SMP dan sudah berkali-kali diobati, tapi hingga sekarang masih saja ada dan suka kambuh. Risna (21 th), Tasik

Waalaikumussalam wr. wb. Risna di Tasik yang dirahmati Allah, saya ucapkan terima kasih atas pertanyaannya. Jerawat merupakan salah satu gangguan kulit yang sering ditemukan, terutama pada usia pubertas dan dewasa, seperti yang Risna alami pada saat ini. Salah satu penelitian bahkan menyebutkan jumlah orang dewasa yang pernah mengalami kondisi ini mencapai 80%. Timbulnya jerawat disebabkan oleh faktor yang beragam, dimana faktor utama yang berperan adalah faktor keturunan/genetik. Proses terbentuknya jerawat diawali oleh aktivitas kelenjar minyak di bawah kulit yang memproduksi minyak (sebum) secara berlebihan dan bersama sel kulit yang mati menutupi pori-pori kulit. Hal ini mengundang bakteri

RZ Magz Maret 2014

yang ada di permukaan kulit sehingga mengakibatkan terjadinya peradangan berupa benjolan yang merah dan nyeri. Aktivitas kelenjar minyak sendiri meningkat karena rangsangan hormon-hormon yang mulai aktif selama masa pubertas. Hal ini yang melatarbelakangi mengapa jerawat seringkali mulai muncul pada remaja dan dewasa muda. Berhubung faktor utama yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah genetik, yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya jerawat biasanya adalah dengan menjaga kebersihan kulit supaya tidak terjadi infeksi bakteri yang menimbulkan peradangan. Aktivitas yang bisa dilakukan diantaranya adalah: 1. Membasuh kulit secara teratur untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit 2. Menghindari produk perawatan muka yang dapat menutupi pori-pori Pada kondisi yang Risna alami, jerawat sudah terjadi dan seringkali timbul meskipun sudah diobati. Beberapa hal yang saya sarankan untuk mengatasi hal ini diantaranya: 1. Sebaiknya jangan memencet jerawat sendiri, karena tindakan tersebut dapat menekan bakteri menginfeksi ke lapisan kulit yang lebih dalam. Hal ini akan memperluas infeksi dan menimbulkan bekas yang lebih menetap 2. Lebih berhati-hati saat menggunakan produk-produk pada rambut seperti minyak rambut atau hairspray,


41

tips Rajin mencuci muka dapat menghindari timbulnya jerawat

karena kadangkala produk tersebut dapat memicu terjadinya jerawat. Kondisi rambut yang berminyak dan menempel di wajah dapat memicu munculnya jerawat baru 3. Hindari pakaian yang terlalu ketat jika Risna memiliki jerawat di badan seperti dada atau punggung agar tidak menyebabkan iritasi akibat gesekan dengan kulit 4. Membiasakan pola konsumsi makanan yang sehat. Pola konsumsi makanan yang disarankan adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti sayur dan buah-buahan, membatasi konsumsi produk olahan susu, makanan tinggi kadar gula, dan junkfood, serta memperbanyak minum air putih (minimal 2 liter per hari). Penelitian menunjukkan bahwa remaja yang mengalami jerawat diketahui memiliki kadar vitamin A dan E yang lebih rendah dibandingkan yang tidak berjerawat. Konsumsi junkfood juga diketahui meningkatkan risiko terjadinya gangguan kulit secara umum, termasuk jerawat. 5. Tidak membersihkan wajah secara berlebihan, karena justru dapat memperberat dan menambah jerawat yang ada 6. Memilih kosmetik dengan baik, terutama yang memiliki label water based. Jenis kosmetik ini cenderung tidak menyumbat pori-pori atau menyebabkan iritasi 7. Melindungi kulit dengan cara menggunakan sunblock/ tabir surya. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan peradangan dan kemerahan pada kulit. 8. Beberapa penelitian menyarankan menggunakan masker madu di wajah. Penggunaan madu akhir-akhir ini disebutkan di banyak penelitian membantu mengurangi

infeksi pada kulit dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit serta penyembuhan luka. 9. Menghindari rokok. Dari penelitian didapatkan fakta bahwa perokok memiliki risiko terkena jerawat lebih tinggi, sekitar 2 kali lipat. 10. Melakukan olahraga secara teratur. Aktivitas olahraga ini bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres, memperbaiki regulasi hormon, dan meningkatkan sirkulasi oksigen serta nutrisi tubuh. Risna bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang lebih lanjut. Dokter akan menentukan apakah diperlukan terapi yang bersifat tindakan, obat-obatan, atau kombinasi keduanya. Tindakan yang dilakukan oleh dokter dapat berupa pengangkatan komedo, suntikan ke bagian yang berjerawat, ataupun tindakan mengikis sebagian permukaan kulit yang dikenal dengan istilah peeling. Sedangkan obat-obatan yang seringkali digunakan biasanya adalah yang mengandung benzoyl peroksida, retinoid untuk dioleskan di permukaan kulit, antibiotik yang diminum, atau terapi hormonal. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan untuk mengatasi jerawat yang selama ini menjadi keluhan Risna. Disamping semua saran yang telah saya tuliskan, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah mengelola stres dengan baik. Kondisi psikis yang baik akan mencegah timbulnya jerawat dan membuat kita lebih nyaman beraktivitas sehari-hari.

Proses terbentuknya jerawat diawali oleh aktivitas kelenjar minyak di bawah kulit yang memproduksi minyak (sebum) secara berlebihan dan bersama Bakteri jamur

sel kulit yang mati menutupi pori-pori kulit

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


42

tanya ustad didit

Kardita Kintabuwana, Lc, MA,

Dewan Pengawas Syariah Rumah Zakat lulusan Jami’ah Al Islamiyah Madinah (Lc.) dan Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia (MA) sedang menyelesaikan S3 di UIN Jakarta

Zakat untuk Saudara Sendiri Assalamualaikum Ustadz, Ustadz, bolehkah kita memberikan zakat ke saudara sendiri, semisal kepada kakak atau adik sendiri? Hatur nuhuun Erli, Tangerang

Sobat Erli yang budiman, ketentuan penyaluran zakat telah dijelaskan oleh Allah swt dalam firman-Nya: “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orangorang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orangorang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At-Taubah [9]: 60) Ayat tersebut bersifat umum, tidak menjelaskan secara khusus apakah jika orang yang tidak mampu adalah saudara kita sendiri, apakah dia juga termasuk ke dalam katagori orang yang berhak menerima zakat? Mengenai hal ini, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama. Mereka

RZ Magz Maret 2014

berbeda pendapat, apakah saudara kandung seseorang termasuk orang yang berada dalam tanggungan hidupnya ataukah tidak? Namun pada intinya, mereka sepakat bahwa zakat tidak boleh diberikan kepada orang yang menjadi tanggungan hidup kita. Menurut jumhur ulama, yang termasuk ke dalam tanggungan hidup seseorang hanyalah anak, isteri dan orangtua. Jadi, zakat tidak boleh diberikan kepada mereka. Namun, sebagian ulama seperti Imam Al-Syaukani dan Abu Hanifah membolehkan seorang anak memberikan zakat kepada orang tua lantaran tidak ada dalil yang melarang hal tersebut. Sedangkan saudara kandung baik kakak ataupun adik, tidak termasuk ke dalam katagori tersebut. Dalam mazhab Mâlik dan Syâfi‘î tidak ada halangan untuk memberikan zakat kepada adik atau kakak selama mereka memenuhi salah satu kriteria kelompok yang berhak menerima zakat. Oleh karena itu, bila saudara kandung tersebut termasuk ke dalam golongan yang berhak menerima zakat seperti yang disebutkan dalam QS. At-Taubah [9]: 60, maka zakat boleh diberikan kepadanya. Dalilnya adalah sabda Nabi saw. tentang orang yang memberikan zakat kepada


43

keluarganya: “Dia memperoleh dua pahala, yaitu pahala menyambung kekerabatan dan pahala sedekah (zakat)” (HR Bukhari). Demikian pula dalam hadits yang lain Nabi saw bersabda: “Memberi zakat pada orang misikin itu adalah shadaqah, adapun memberi zakat kepada kerabat miskin adalah shadaqah dan perekat silarurahim” (HR. Ahmad). Demikianlah sobat Erli penjelasan yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan cukup jelas dan bermanfaat. Wallahu a’lam bishawwab.

bila saudara kandung tersebut termasuk ke dalam golongan yang berhak menerima zakat seperti yang disebutkan dalam QS. At-Taubah [9]: 60, maka zakat boleh diberikan kepadanya.

Untuk Konsultasi langsung, Ustadz Kardita dapat ditemui di Rumah Zakat cabang Bandung, Jl. Turangga No. 33

Mudah menghitung zakat dengan kalkulator zakat. Scan:

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


bidik

Ojek kuda di Bromo, dari parkiran hingga tangga menuju puncak sekitar Rp10.000-Rp60.000

Foto: @siriusbintang


46

Lingkungan yang saling Memotivasi dalam Kebaikan

bincang

Teuku Wisnu image: world wide web

Teuku Wisnu, pria berdarah Aceh ini melejit namanya melalui berbagai peran yang dilakoninya dalam dunia sinetron, film, dan iklan. Selain meraih penghargaan Panasonic Awards 2009 kategori aktor terfavorit dan SCTV Awards 2007-2010 kategori aktor ngetop, Wisnu pun pernah menjadi finalis MTV VJ Hunt 2006. Ingin tahu lebih lanjut tentang Wisnu? Mari simak obrolan kru RZ Magz dengan Wisnu.

RZ Magz Maret 2014


47

image: world wide web

Bagaimana rasanya berkeluarga? Apa perbedaan signifikan dengan kondisi lajang dulu? Ternyata pernikahan itu indah sekali. Sekarang saya jadi lebih manja. Apa-apa minta diurus. Bagaimana perasaan Abang mengikuti program One Day One Juz? Alhamdulillah senang bisa mengikuti program ODOJ. Jadi punya lingkungan yang saling memotivasi untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Bagaimana strategi Bang Wisnu menyelesaikan tilawah satu juz per hari? Padahal jadwal harian abang pasti sangat padat.

school memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan sistem pendidikan di Indonesia. Pendidikan informal pun dibutuhkan untuk anak-anak. Pendidikan informal yang memiliki peran besar terhadap karakter anak adalah rumah. Tempat di mana anak bisa mendapatkan pendidikan dari orang tuanya. Jadi, peran pemerintah dan orang tua sama pentingnya untuk dapat mencerdaskan anak bangsa. Apa harapan Abang terhadap dunia pendidikan Indonesia? Semoga pendidikan di Indonesia bisa lebih maju dan merata. Sebab masih banyak sekali sarana dan prasarana pendidikan daerah-daerah di pedalaman yang belum memadai. Padahal bisa jadi permata-permata bangsa Indonesia ada di sana. Siapa tokoh yang mengispirasi hidup Bang Wisnu? Rasulullah SAW.

Saya membaca dengan menyicil sedikit-sedikit. Sekarang jika ada waktu senggang, saya membaca Al Quran. Menurut Bang Wisnu berbagi itu apa, sih? Yang terbersit saat mendengar kata berbagi adalah membantu orang lain yang membutuhkan. Bagaimana konsep berbagi yang ideal menurut Bang Wisnu? Sebenarnya Islam sudah memiliki konsep berbagi. Tentang kewajiban mengeluarkan 2,5% zakat. Buat saya, berbagi yang ideal itu kalau zakat ataupun sedekah yang disalurkan, dapat dikelola dengan profesional, tepat sasaran dan didukung oleh program-program untuk menyejahterakan rakyat. Menurut Abang, pendidikan seperti apa yang ideal untuk anak-anak?

Buat saya, berbagi yang ideal itu kalau zakat ataupun sedekah yang disalurkan, dapat dikelola dengan profesional, tepat sasaran dan didukung oleh program-program untuk menyejahterakan rakyat.

Menurut saya anak-anak membutuhkan pendidikan formal dan informal. Home schooling atau boarding RZ Magz Jumadil Awal 1435 H


48

trieha’s ideas

Muhammad Trieha

Ideaspreneur, @trieha Chief Creative Officer Global Garda Media CEO InspiraTV

Kecil yang Menentukan ejadiannya sederhana. Siang itu kami mengunjungi kantor satu mitra di Singapura, awalnya sang tuan rumah merasa sungkan ketika menyambut kami karena saat itu mereka sedang pindahan kantor sehingga beberapa perangkat nampak kurang rapi karena memang akan segera dipindahkan. Namun karena saat itu jadwal kami cukup padat kami sampaikan tak masalah, yang penting bertemu saja sudah senang. Pertemuan pun berlangsung sangat hangat dan kami pun belajar banyak tentang satu ilmu yang waktu itu sedang kami serius ingin cari tahu. Apa yang membuat saya terkesan? Saya tertarik bagaimana mereka mengemas semua peralatan kantornya dengan kardus yang rapi, dan sengaja mereka memasang kertas kardus di siku pintu dan lantai lift juga lantai hingga pintu keluar. Kejadian ini sekitar 6 tahun yang lalu, mungkin kalau dilihat sekarang ini bukan sesuatu yang asing, apalagi dengan bermunculnya perusahaan yang menyediakan jasa layanan pindahan dengan prosedur operasional yang standar. Tapi saya juga yakin kita sudah tahu bagaimana sih cara mengangkut barang dengan benar, yang tidak merusak isi barang maupun aman bagi ruangan seperti lift, pintu, lantai dan sebagainya. Masalahnya adalah, kita kadang terlalu malas untuk melakukannya, baru menyesal jika kemudian ternyata ada kaca yang tergores atau bahkan lantai yang retak karena tidak menggunakan alas pengaman. Ada satu peribahasa Sunda yang kira-kira terjemahannya : “Keselek itu biasanya karena duri ikan, bukan karena

RZ Magz Maret 2014

tulang sapi�. Maksudnya banyak kecelakaan atau kegagalan terjadi karena hal-hal yang nampak kecil dan remeh, malah bukan dari sesuatu yang besar yang biasanya mendapat perhatian lebih. Coba kita ingat-ingat lagi, kalau saya sih banyak sekali mengalami. Misal ketika kami sudah lengkap menyiapkan dokumen untuk sebuah proses pengajuan pengadaan, sudah saya minta pastikan cek dan semua lengkap, eh ternyata kita harus balik lagi karena ada satu hal kecil yang belum, dokumennya belum distempel. Awalnya kami mengira jaman sekarang stempel tidak lagi sebuah keharusan jadi tak masuk perhatian, tapi realitasnya lain. Kami pun harus turun gunung lagi karena lokasinya memang jauh dari pusat kota, dan balik lagi keesokan harinya. Ketika dulu sekali era mahasiswa ketika saya ngobyek jadi desainer undangan nikahan, rekan pra cetak sering jahil meneriaki, heey salah tuh...bukan UNDANGAN tapi UNDAGAN, saya tentu kaget keringetan apa iya salah, kita pun baca lagi pelan-pelan dan ternyata tidak salah. Teman tadi memang bercanda saja tapi sebenarnya mau mengingatkan karena kasus ini terjadi beberapa kali, ada desainer yang menulis Undangan dengan Undagan. Walaupun cuma satu huruf akibatnya fatal, bisa jadi semua undangan tidak boleh diedarkan, dan bisa-bisa kita yang harus menanggungnya. Kalau kesalahan tersebut bisa diganti rugi dengan uang sih tidak terlalu masalah tapi bagaimana kalau kesalahan itu fatal karena menentukan apakah kita masuk surga atau neraka. Simak riwayat dari Thariq bin Syihab radhiyallahu


49 ‘anhu berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : �Seseorang masuk surga sebab lalat dan seseorang masuk neraka sebab lalat. Para sahabat bertanya : Bagaimana itu bisa terjadi wahai Rasulullah? Beliau bersabda : Ada dua orang yang melewati kaum yang memiliki berhala, tidak ada seorangpun yang boleh melewatinya kecuali mengurbankan sesuatu kepadanya (berhala), Kaum itu berkata kepada salah seorang dari mereka berdua : Berkurbanlah!, ia menjawab aku tidak punya apaapa untuk berkurban, mereka berkata kepadanya lagi : Berkurbanlah walau dengan lalat, maka ia berkurban lalat. Lalu mereka membebaskannya untuk lewat, dia masuk neraka (kata Rasulullah). Kemudian kaum itu berkata kepada yang kedua : Berkurbanlah!, ia menjawab : Aku tidak mungkin mengurbankan sesuatu kepada selain Allah subhanahu wa ta’ala, maka mereka membunuhnya, Ia masuk surga�. (HR. Ahmad). Sebaliknya, kesuksesan juga bisa terjadi karena hal-hal kecil yang karena ditelaneni menjadi penyebab keberhasilan yang lebih besar. Gerakan One Day One Juz misalnya, menjadi salah satu bukti bahwa kesulitan menamatkan Al Quran dapat diatasi dengan cara membaca dalam volume kecil setiap hari. Menghapal juga demikian, dengan 1 ayat per hari kabarnya dalam waktu setengah tahun sudah bisa menjadi hafizh Quran. Kuncinya adalah konsisten dalam keteraturan, karenanya dibutuhkanlah monitoring dan evaluasi, agar kesuksesan itu bisa kita capai setiap hari. Dulu saat usia sekolah menengah, saya punya kebiasaan kecil, untuk mempercepat proses belajar saya membuat kartu-kartu ringkasan pelajaran yang saya tulis dengan tangan (karena waktu itu masih sulit ada komputer). Kartukartu ini saya kasih nomor yang bisa dibaca urut atau juga tidak urut dengan ukuran yang harus masuk dalam saku baju. Manfaatnya cukup nyata, ketika kami di boarding school dengan jumlah ratusan siswa, saya bisa membuka kartu-kartu ini sambil mengantri makan atau memang belajar malam. Bagi Anda yang pernah mengenyam di dunia pesantren atau madrasah pasti juga merasakan, suasana belajar malam sangat riuh karena mungkin ruang belajarnya terbatas atau memang sangat banyak siswanya. Kadang

tak hanya suara gumam siswa yang sedang menghafal saja yang menderu namun juga suara radio yang sengaja dihadirkan untuk mengusir kejenuhan. Singkatnya kita harus belajar efektif dalam suasana yang tak selalu ideal karena ramai dan gaduh. Sekali lagi jangan sepelekan yang seakan tak masuk dalam hitungan. Siapa sangka dari yang dianggap limbah bisa menjadi rupiah. Ini cerita dari seorang teman yang memberitahu ternyata cangkang sawit dapat diolah menjadi bahan bakar ramah lingkungan yang jauh lebih bersih daripada bahan bakar minyak atau gas. Limbah cangkang sawit ini dimasukkan dalam boiler sampai titik panas didih tertentu yang kemudian uap panasnya (steam) dikonversi menjadi energi penggerak turbin-turbin, termasuk turbin penggerak untuk menghasilkan energi listrik tenaga uap. Ternyata dari sesuatu yang remeh bisa menjadi sebuah peluang ekonomi yang besar. Pilihannya tentu apa saja langkah kecil yang sudah atau akan kita lakukan untuk menembus target kesuksesan yang lebih besar. Sudah seberapa sering kita menggunakan aplikasi kalender atau daily planner untuk merencanakan dan mencatatkan apa saja yang sudah kita lakukan? Seberapa detail juga kita rancang rencana hidup kita. Kalau ditanya apa saja yang sudah kita lakukan, banyak lupanya atau banyak ingatnya? Kalau memang banyak lupanya mengapa smartphone kita atau tablet kita hanya kita pakai untuk mainan? Bukankah akan lebih bernilai tambah jika kita bisa catatkan list yang akan dan sudah kita kerjakan. Rasanya menjalani hidup mengalir seperti air saja tidak cukup. Iya kalau airnya bersih, kalau airnya kotor atau mampet gimana? Masak hidup kita juga ikutan jadi macet! Tulisan ini pada dasarnya mengingatkan diri saya sendiri yang sering juga terlalu gempita dengan pemenangan target besar tapi abai pada faktor yang kecil. Seorang ustadz mengingatkan kembali tentang siwak yang karena tidak dilakukan oleh pasukan muslim di era khalifah Umar bin Khaththab menjadi penyebab kekalahan. Kalau melihat itu khawatir juga ya, jangan-jangan rezeki kita ditahan karena menahan hak orang lain, kesuksesan kita ditunda karena menelantarkan hewan piaraan kita. Solusinya ya ayo kita eksekusi perbaikan setiap hari, jangan menunda-nunda apalagi cuma duduk menunggu baru bergerak usai pemilu.

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


50

Tangan di Atas 1. Dalam sebuah hadis yang masyhur, Rasulullah SAW bersabda, “Al-yadul ‘ulya khairun min al yad as-sufla.” #tangandiatas

#hashtag

2. Yang artinya, “#tangandiatas lebih baik daripada tangan di bawah.” 3. Maksudnya, tangan yang suka memberi jauh lebih baik dan mulia daripada tangan yang hanya mau menerima dan tidak pernah mau memberi. #tangandiatas

4. Memberi (sedekah/infak) baik dalam bentuk materi maupun non-materi, adalah sebuah perbuatan yang sangat utama dan mulia. #tangandiatas 5. Karena itu, banyak ayat maupun hadis yang mendorong orang beriman untuk melakukannya. #tangandiatas 6. Misalnya, kebiasaan memberi akan menyebabkan orang tidak akan pernah merugi dalam kehidupannya, sesuai dengan QS Fathir: 29. #tangandiatas 7. “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan (mberikan) sebagian dari rezeki.. #tangandiatas 8. ..yang Kami anugerahkan kepada mereka diamdiam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan pernah merugi”. #tangandiatas 9. Selain itu, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan pernah berkurang harta yang dikeluarkan sedekahnya” #tangandiatas

RZ Magz Maret 2014

10. Demikian pula, memberi dapat menyehatkan sekaligus membersihkan dan menenangkan hati dan pikiran. #tangandiatas 11. Allah SWT berfirman dalam QS At-Taubah: 103 “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka.. #tangandiatas 12. ..dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka.. #tangandiatas 13. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” #tangandiatas

14. Orang yang selalu berusaha memberi adalah orang yang memiliki etos kerja yang tinggi, sekaligus etika kerja yang kuat. #tangandiatas 15. Maknanya adalah dia tidak akan pernah menjadi orang yang malas, tapi akan selalu berikhtiar dan bekerja mencari rezeki yang halal.. #tangandiatas 16. ..agar selalu dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, sekaligus dapat memberikan kemanfaatan kepada orang lain. #tangandiatas 17. Kebenaran firman Allah SWT dan sabda Rasul tersebut ternyata telah dibuktikan dalam berbagai penelitian dan riset tentang perilaku. #tangandiatas 18. Dr. Allan Kuts mengadakan penelitian yang melibatkan 3.000 sukarelawan, mengambil kesimpulan bahwa memberi dan menolong orang lain.. #tangandiatas


51 25. James Hous menyimpulkan, “Menolong orang lain secara sukarela meningkatkan kebugaran tubuh dan angka harapan hidup”. #tangandiatas 26. Kisah nyata tentang Rockeffeler. Dia adalah orang kaya yang tidak bahagia dan sulit tidur. Dokter memvonis hidupnya tidak akan lama. #tangandiatas 27. Lalu Rockeffeler memutuskan mengubah hidupnya untuk menolong kaum miskin. Lalu apa yang terjadi? #tangandiatas 28. Kesehatannya membaik dan berlawanan dengan perkiraan dokter. Ia hidup sampai 98 tahun, sebagai ahli filantropi dan dermawan yang terkenal. #tangandiatas 29. Dengan demikian, keindahan dan kekuatan

#tangandiatas bersifat universal, dapat dirasakan oleh siapapun (muslim dan nonmuslim) yang melakukannya. 30. Sekaligus hal ini membuktikan ajaran Islam yang kebenarannya bersifat universal. #tangandiatas 19. ..dapat mengurangi rasa sakit, mengurangi rasa stress, meningkatkan endorfin dan meningkatkan kesehatan”. #tangandiatas

31. Dan karenanya, mari implementasikan dalam kehidupan keseharian kita untuk menjadi #tangandiatas.

20. Mnrt Prof. Dr. David McClelland, “Melakukan

sesuatu yang positif terhadap orang lain akan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.. #tangandiatas

32. Demikian kultwit tentang #tangandiatas. Semoga bermanfaat. Wallahua’lam bi ash shawwab. @Hafidhuddin

21. ..Sebaliknya, orang kikir cenderung terserang penyakit.” #tangandiatas 22. Mengapa demikian? Karena orang kikir itu biasanya cinta materi (seperti uang). #tangandiatas 23. Bila uangnya berkurang, maka dia akan stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang mengurangi kekebalan tubuhnya. #tangandiatas 24. Memberi juga dapat memperpanjang umur. #tangandiatas

Orang yang selalu berusaha memberi adalah orang yang memiliki etos kerja yang tinggi, sekaligus etika kerja yang kuat. #tangandiatas

RZ Magz Jumadi Awal 1435 H


52

terima kasih

CBC Mandiri

Field Rantau Medan

RZ Magz Maret 2014


KANTOR PUSAT Jl. Turangga No.25 C Bandung, Telp. 022-7332407 Fax. 022-7332478

Rekening Donasi Nasional

247 80000 9000 an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

701 700 7000

1000000 270

789 588 08

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

1000 859 172

880 1111 042

094 301 6001

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

132000 481 974 5

155 555 5589

101 00822 08

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

377 100 1555

2700.005.599

155.515.5581

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

702 100 1555

5200-100-131-005

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

701.551.824.8

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

001.0101.00573.5 an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

1141.01.000127.30.4 an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

Kemudahan Berdonasi Scan :

an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

Setelah berdonasi mohon melakukan konfirmasi ke SMS Centre: 0815 7300 1555


Sudahkah Anda berbagi hari ini

share

www.rumahzakat.org rumahzakatfans @rumahzakat

FORKOM Jerman di RZ MAGZ 06  

RZ MAGZ edisi Maret 2014 (see p. 34)

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you