Page 1

Sekitar tahun 2000 SM, manusia mulai menggunakan gambar sebagai catatan. Tulisan berupa gambar ini disebut pictograph dan umumnya satu gambar mewakili satu maksud. Dalam perkembangannya, sebuah gambar tidak lagi mewakili satu maksud melainkan mewakili satu suku kata. Sekitar tahun 1000 SM, bangsa pedagang Phoenecia membawa huruf gambar tersebut ke daerah-daerah perdagangan. Akhirnya pemakaian huruf ini berkembang ke daerah Sinai, Sumeria, dan Babilonia. Ketiga daerah ini kemudian disebut daerah Dunia Lama. Dari daerah inilah kemudian muncul tulisan Cyrillic Rusia, Yunani, dan Arab. Huruf gambar (pictograph) biasanya dilengkapi huruf paku (heirograph), disebut demikian karena ditulis di atas lempengan tanah liat menggunakan paku. Tahun 400 SM, bangsa Yunani menyempurnakan penggunaan huruf gambar. Pictograph tidak lagi mewakili satu suku kata lagi, melainkan mewakili satu lambang bunyi baik vokal maupun konsonan. Tahun 114 M, bangsa Romawi mengukuhkan huruf-huruf baru sebanyak 23 huruf. Huruf-huruf tersebut bentuknya seperti huruf besar yang kita kenal sekarang, namun tanpa huruf J, U, dan W. Huruf Romawi tersebut kemudian berkembang menjadi huruf Latin, lengkap dengan huruf kecilnya seperti yang kita pakai sekarang.

GARAMOND ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ abcdefghijklmnopqrstuvwxyz 1234567890 (. , : ; ’ � ? ! & / ) http://ivanaditya.wordpress.com/2008/03/10/sejarah-tulisan/ http://images.google.co.id/ WWW.DAFONT.COM

Tahun 1455 M, muncul huruf cetak. Huruf cetak tersebut didasarkan pada huruf Jerman. Huruf cetak lazim dipakai dalam percetakan. Huruf cetak terdiri atas huruf-huruf yang tidak bergandengan. Huruf ini pertama kali diperkenalkan oleh Johannes Gutenberg. Sekitar tahun 1540 M, muncul huruf baru yang merupakan pengembangan huruf Romawi. Huruf ini dilengkapi kait (serif). Huruf ini dikembangkan oleh Claude Garamond. Karena itu pula huruf ini dikenal sebagai huruf Garamond. Pada abad ke-19 bersamaan dengan revolusi industri di Eropa, muncul huruf baru, yaitu huruf Grotesque atau Sanserif (tanpa kait) dan huruf Egiption (huruf Beton) dengan serif lebar. Huruf yang anda baca sekarang ini ternyata telah mengalami perjalanan panjang. Namun siapa tahu huruf yang kita pakai sekarang akan punah dan tidak dipakai lagi di masa mendatang. Atau mungkin ada diantara anda yang akan menemukan atau mengusulkan huruf baru? Siapa tahu?

BUDI KRISTANTO/42408216

budikristanto  

tugas destop publising 1

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you