Page 1

min

is

Yok, f ollow

@fi

shsp

!

arta

adal a yang h akun anak melipu instagr a t dan FISH, m kegiat m FISH suka emo an an a adai t n sa ivasi jiw kyem bara a ww ! w.fa fish stu ceboo dyh k ous .com/ e

Agustus 2015 - Edisi Masa Orientasi

ns

Main Article

Masa Orientasi Siswa : penting ga sih ?

M

OS (Masa Orientasi Siswa) adalah proses pengenalan pelajar/ murid baru ke sekolah barunya. Sering kali MOS juga menjadi perbincangan di antara pelajar yang baru masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, dan menjadi isu pro dan kontra di antara pelajar. Banyak yang berkata masa orientasi ini penting, namun ada juga yang merasa tidak penting dan hanya buang-buang waktu saja. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan kegiatan MOS di setiap sekolah. Ada sekolah yang melaksanakan masa orientasi dengan memperkenalkan lingkungan sekolah dan menonjolkan kebersamaan antar kakak dan adik kelas. Ada juga kegiatan MOS yang meminta muridnya untuk membawa sejumlah barang dan memakai pakaian tertentu. Ada pula yang menjadikan MOS sebagai ajang mem-bully adik kelas, seperti mencaci maki atau mempermalukan siswa baru dengan alasan agar hormat kepada kakak kelas. Kalau memang seperti itu tujuannya, maka tidak seharusnya senior melakukan hal itu. Malah kebanyakan, siswa yang diperlakukan seperti itu bukannya hormat tapi malah dendam terhadap seniornya. Jika senior ingin dihormati oleh adik kelas maka senior juga harus menghormati adik kelas. Dengan begitu adik kelas bisa mencontoh perilaku baik seniornya. MOS sendiri juga berarti masa orientasi siswa, dimana siswa baru diperkenalkan kepada lingkungan barunya. Jadi seharusnya kegiatan MOS berisi kegiatankegiatan yang dapat membantu siswa baru untuk beradaptasi. Kegiatan yang dapat dilakukan saat MOS contohnya penjelasan sistem nilai, tur keliling sekolah, atau kegiatan games sehingga siswa baru dapat berkenalan satu sama lain dan berteman. Ide MOS sebenarnya tidak buruk. MOS tidak seharusnya dihilangkan tapi seharusnya diperbaiki. Bagaimana menurutmu? Apakah MOS masih harus dijalankan?

akun

TEAM

faceb

ook F ISH

TALK

“Arti MOS menurutmu?” Ivanaldy Kabul (FISH) : “Kesempatan terbaik untuk mengisi kekosongan hati.” Christy Kabul (Designer) : “Masa anak2 baru untuk adaptasi n jadi nyaman di skolah baru…” Nashya Tamara (Writer) : “Waktunya anak baru beradaptasi.” Karina Wijaya (Writer) : “Masa di mana lu jadi culun.”


kat! e N t Ar

Our Heroes

Akan datang!

FISH 5K RUN

Nicholas VALLEN N

icho sejak kecil memang sudah menyukai seni, dan mengikuti berbagai macam les gambar dengan aliran yang berbeda. Mulai dari menggambar dengan krayon, menggambar manga, hingga digital drawing. Nicholas Vallen yang sudah menyukai dunia gambar sejak TK dan terus menekuninya hingga saat ini terus mengembangkan bakatnya dan mencoba hal2 baru di bidang seni.

Manny Pacquiao Drawing by Nicho

ulan Juni kemarin, FISH mengadakan event B.Y.E. atau Be Young Entrepreneur. Ini adalah acara B.Y.E. pertama yang dibuat oleh FISH dan akan dilaksanakan setiap tahunnya. B.Y.E. kali ini mengundang Victor Dianata, alumni FISH yang bergelut di dunia fashion. Victor bercerita tentang awal mulanya ia tertarik terjun ke dunia fashion hingga menjadi seorang fashion designer di usia muda. Tidak hanya itu, Victor juga memberikan tips-tips untuk memulai usaha sejak dini, lho!

BEFORE AFTER suasana talk show

Berikut adalah tips-tips membuat gambar yang bagus ala Nicholas Vallen: 1. Harus rajin latihan, karena semakin banyak latihan maka semakin banyak teknik yang kamu ketahui. 2. Jangan pernah takut salah, karena kesalahan dalam menggambar itu justru membuat kita belajar dari kesalahan, atau setidaknya gambar itu bisa diperbaiki. 3. Banyak lihat referensi dari sekitar kita atau dari internet. Jangan takut untuk meniru gambar orang lain, karena dengan meniru, kita juga sudah mencoba belajar juga. Selamat mencoba!

Victor juga mengadakan workshop pembuatan pola rok. Hanya dengan peralatan sederhana berupa koran, gunting, lakban dan meteran kain, kita sudah bisa membuat pola sebuah rok, lho! Tidak lupa, para peserta juga mendapat makanan dari krispykrips, salah satu sponsor acara ini. Cinematografish pun membuat karya perdananya lewat acara ini. Yuk, tonton ulasan B.Y.E. lewat video buatan Cinematografish di https:// youtu.be/xJtX5HzilcA

data

Bio

Nama: Nicholas Vallen Pradana Satriawan

Golongan darah: A

Sekolah: Universitas Multimedia

Makanan kesukaan: rawon, kimchi

TTL: Jakarta, 14 Februari 1997 Hobi: menggambar, nonton Warna kesukaan: hijau, hitam

B.Y.E.!

Tim B.Y.E. berpose saat selesai acara. Fiuh!

B

Nicho melakukan banyak coba-coba, mulai dari teknik typography, papercut, anamorphic, hingga graffiti, dan juga dari menggunakan medium pensil, drawing pen, cat sampai Pylox. Tetapi dari sekian banyak coba-coba yang ia lakukan, Nicho paling menekuni pencil drawing dan cenderung menggambar realis. “Yang penting sih jangan pernah takut nyoba, karena dari coba2 itulah kita belajar teknik baru” ujar penggemar karya @jongkie di instagram. Selain menggambar, Nicholas juga suka menari. Sayangnya, akhir-akhir ini dia sudah jarang menekuni hobinya yang satu ini.

Nusantara (Desain Komunikasi Visual)

Ulasan Acara

Be Young Entrepreneurs!

‘Nekat’ mencoba-coba

Hal paling ‘gokil’ yang pernah ia lakukan adalah saat akan mengikuti lomba graffiti. Ketika mendapati bahwa menggunakan Pylox itu sulit, Nicholas langsung latihan menggunakan Pylox hingga 6 jam! Ide menggambar ia dapatkan dari event yang sedang ramai dibicarakan atau mencari di Instagram. Jadi, tidak ada kata tidak untuk kehabisan ide!:)

Yuk ikuti FISH 5K RUN!!! Acara ini diselenggarakan oleh FISH Study House. Hanya dengan Rp. 50.000, kamu bisa mendapatkan kaos FISH Spartans yang akan dipakai dalam acara ini. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa follow @fishspartans di Instagram. Bagi kamu yang belum punya Instagram, bisa menghubungi FISH di LINE @fishspartans atau bisa menghubungi 083893885132.

Binatang kesukaan: anjing Quote: Mulailah dari mengkhayalkan kenyataan, selesaikan dengan menyatakan khayalan.

July 2 : Christoforus David 2 : Eunike Josephine 2 : Jennifer Gabriella 3 : Pearlita 9 : Cathleen Chandra 10 : Juliet Sutedja

karya-karya Victor

August 12 : Lemuela Kirsten 15 : Carissa Vania Ali 16 : Jennifer Priscilla 21 : Monica Clarina 29 : Felicia Putri

Ide? Saran? Artikel? Event? Kirim message ke FB fishstudyhouse atau tag @fishspartans di Instagram.

4 : Jonathan Dwiputra 6 : Airin Tirta 9 : Victor Dianata 12: Sheila Clarita 14 : Daniel Fernandtio 16 : Rebecca Joy

16 : Antoni 17 : Giorgio Sutanto 20 : Natania Chandra 28 : Bertrand 30 : Floretta 31 : Fabian Winata


Sudahkah kita? Komik renungan untuk hari merdeka

Šchristykabul 2015

www.facebook.com/IndoHighComic

Profile for filletmagz

Fillet Minis Edisi Agustus 2015  

Fillet Minis is back with the topic to welcome you back from the holidays: Orientation period! Don't forget to gear up and join the upcoming...

Fillet Minis Edisi Agustus 2015  

Fillet Minis is back with the topic to welcome you back from the holidays: Orientation period! Don't forget to gear up and join the upcoming...

Advertisement