Page 1

KABA MINANG INFO TERKINI RANAH MINANG

Edisi 04 desember 2018 Pemula

Porprov XV Sumbar diharapkan jaring atlet bisa berlaga dieven internasional

KLASEMEN SEMENTARA PORPROV SUMBAR

KOTA PADANG

1

KAB.PARIAMAN

2

LIMA PULUH KOTA

3

KAB.SOLOK

4

KOTA BUKITTINGGI

5

KOTA PAYAKUMBUH

6

KAB.PASBAR

7 Parit Malintang (Antaranews Sumbar) Pekan Olahraga (Porprov)XV Sumatera Barat (Sumbar) yang diselenggarakan di Kabupaten Padang Pariaman mulai dari 19 hingga 29 November resmi dibuka oleh GubernurSumbar, Irwan Prayitno pada Senin malam di Gelanggang Olahraga SungaiSariak. Pembukaan tersebut diselengarakan meriah dengan menampilkan

sejumlahatraksi seni budaya khas Padang Pariaman. Selain itu juga disajikan tarikolosal yang menceritakan sportivitas atlet dari 220 siswa seKabupatenPadang Pariaman. Irwan Prayitno mengatakan Porprov XV Sumbar merupakan ajang untuk menjaring atlet berbakat guna mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) diP a p u a p a d a

Polisi Lepaskan Tembakan, Kawanan Jambret Diringkus PADANG – Berbekal rekaman CCTV, polisi berhasil menangkap dua tersangka jambret yang melancarkan aksinya di Jalan Diponegoro, Belakang Tangsi, Padang Barat, Kota Padang.

Kedua tersangka yakni Rido (33) dan Jumaidi (23). Keduanya ditangkap berdasarkan laporan polisi Nomor : LP/398/K/X/2018/ Sektor Padang Barat pada 25 Oktober.

Tersangka Rido ditangkap pada Jumat (30/11) di kawasan Koto Marapak, Kecamatan Padang Timur. Rido dan Jumaidi alias ucok Sementara ditangkap secara terpisah.

2020."P o rpro v in i diselenggarakan dua tahun sekali sebagai ajang mencaribibit," ujarnya. Cepatnya jadwal latihan bertujuan untuk mendapatkan atletatletterbaik untuk PON dan mengikuti Pekan Olahraga Wilayah Sumatera tahun besokdi Bengkulu.Ia juga mengatakan ajang olahraga tersebut juga dimanfaatkan untuksilaturahim antar atlett.


Begini Cara SAT Kota Sawahlunto Untuk Tumbuhkan Semangat Gotong Royong kota ini meminta bantuan pada rombongan kami, maka kami siap membantu, dan tidak kami benarkan untuk menyelipkan kepentingan POLITIK", ujar Ketua tim SAT Sasra Wijaya, saat dikomfirmasi di Warung pangkalannya di Taman Silo kota Sawahlunto, Senin (3/12/2018). SAWAHLUNTO - Silo Adventur, tim yang awalnya bergerak di bidang Pecinta Alam, berhubung karena musim hujan yang berkepanjangan yang mengakibatkan banyaknya Bencana Alam, membuat Silo Adventur Tim (SAT) berfikir untuk membantu masyarakat yang terkena musibah. "Kami tidak tebang pilih selagi masyarakat

seperti di rumah warga yang terkena musibah dan juga tempat-tempat ibadah, seperti pengecatan dan pembersihan perkarangan mesjid atau mushala", katanya.

Dikatakan tim SAT beranggotakan lebih kurang dari 60 orang dan itu ada juga yang berasal dari kader Partai, karena dilihatnya sudah lama tidak ada lagi rasa gotong royong, "Karena itu, kami semua sepakat untuk bergotong royong se-

Tahun 2019 Randang di Payakumbuh Menggunakan Teknologi PAYAKUMBUH - Randang, begitu nama kuliner khas di Minangkabau satu ini. Sebagian masyarakat Indonesia bahkan dibelahan benua lain menyebut dengan kata rendang. Irisan daging sapi dengan rasa bumbu rempah asli, sehingga kuliner yang ada sejak dulu ini tidak tergerus oleh perkembangan zaman, terus ada di bumi Minangkabau dan menjadi makanan favorit wisatawan. Pemerintah republik indonesia mencatat kuliner menjadi subsektor yang berkotribusi sebesar 41,4 persen dari seluruh kontribusi perekonomian kreatif (Bekraf) pada tahun 2016. Para pakar berpendapat industri kuliner memiliki potensi besar di Indonesia, ditumbuh kembangkan serta memperluas pasar yang jelas untuk penjualan. Di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), banyak rumah tangga yang memproduksi randang, bahkan sebagian indutri rumahan sudah memiliki outlet khusus yang menyediakan ranPage 2

dang berbagai varian, dari daging hingga belut. Hal itu ditanggapi serius oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Menurutnya hal tersebut merupakan peluang positif untuk menjadikan randang sebagai subsektor yang berdampak baik secara khusus kepada perekonomian masyarakat kota Payakumbuh dan sumatera barat pada umumnya. Walikota memerintahkan dinas terkait untuk mempersiapkan komponen pendukung teknologi Retouch. Sebuah teknologi hasil kerja sama dengan negara Jerman yang akan menjaga kualitas rendang. Baik dari kualitas bahan baku, rendang yang sudah jadi maupun kemasan secara modern yang bisa diterima oleh dunia internasional. KABA MINANG


Sukseskan Seremonial Porprov Sumbar Ke 15, ISI Padang Panjang Dikerahkan

Padang Pariaman, Prokabar – Seni ISI Padang Panjang mendapat kesempatan unjuk kemampuan memeriahkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke 15 dilaksanakan pada 16 sampai 25 November 2018 nanti. Keterlibatan ISI Padang Panjang berkaitan dengan penampilan spetakuler seremonial pembukaan dan penutupan.

dasar garapan untuk pembukaan n an t i, me n gan gk at se gal a kekayaan kesenian dan kebudayaan local Piaman. Jadi, nanti akan ada sebuah sendratari kolosal berangkat dari Epos Anggun Nan Tongga. Di dalamnya akan diselipkan berbagai bentuk tarian dan musik seperti indang dan tambua tasa,” tuturnya. Untuk mendukung konsep besar ini, juga akan digarap tata artistic yang mencerminkan suasana perkampungan Piaman tempo dulu. Konseptor artistic Dr Sahrul mengatakan, konsep perkampungan tersebut didukung dengan pembangunan pondok-pondok bambu, lapau-lapau bahkan kawasan pertanian. “Semua tentu kita tata seefektif mungkin agar sesuai dengan pertunjukan inti Anggun Nan Tongga,” terang Sahrul.

Susandra Jaya, salaku perwakilan ISI Padang Panjang mengatakan, keterlibatan ini karena sudah adanya MOU (Memorandum Of Understanding) dengan Pemkab Padang Pariaman. “Kami sangat bersyukur dipercaya menjadi tim yang akan menangani pembukaan dan penutupan Porprov. Ketika diberi kabar pertama kali, saya langsung mengkoordinir sejumlah dosen yang berasal dari Padang Pariaman untuk turut membantu, termasuk dosen senior yang kapasitasnya tidak kita ragukan lagi,” katanya Susandra.

Sementara itu, Rektor ISI Padang Panjang Prof. Novesar Jamarun berharap keterlibatan ISI Padang Panjang ini pada gelaran besar seperti Porprov. Sumbar 2018, akan menjadi ajang pembuktian bagi masyarakat dan pemerintah daerah di seluruh Sumatera Barat akan kapasitas dan kemampuan civitas akademika dari kampus biru. “SDM yang kita kerahkan dalam menangani pembukaan dan penutupan Porprov ini sudah berpengalaman menangani berbagai acara sejenis. Jadi, kami sebagai pimpinan sangat yakin mereka akan memberi yang terbaik bagi Padang Pariaman,” kata Rektor ISI Padang Panjang.

Ade Novalia dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padang Pariaman mengatakan, keterlibatan tim ISI Padang Panjang pada pembukaan dan penutupan sangat diharapkan untuk menghadirkan kesan kolosal dan penuh muatan lokalitas Piaman.

Tim terdiri dari Dosen seperti Susandra Jaya SKar MSn, Dr Erlinda, Zulkifli SKar MSn, Sharul N Ss MHum, Hendriko Alamo SSn MSn, Muhammad Fadhli SSn MSn dan Dedi Darmadi SSn.

“Kita berharap apa yang sudah disiapkan oleh tim ISI Padang Panjang akan bermuara pada kesan mendalam yang akan dibawa pulang oleh para kontingen peserta dan masyarakat yang hadir ,”sebut Ade.

“Kini kami telah sampai pada tahap realisasi konsep melalui latihan-latihan yang akan dilaksanakan secara intensif. Pada Pem

Page 3


Microsoft

BIOGRAFI PENULIS

erdi Nasri Saputra tinggal di kota Pekan Baru dan menjadi salah satu Mahasiswa UIN Suska Riau,Jurusan Ilmu komunikasi. Ia lahir di kabupaten Tanah Datar,Sumatera Barat pada tanggal 27 desember 1997.

ia bercita cita ingin menjadi seorang jurnalis yang hebat,jurnalis yang netral,jurnalis yang bisa di percaya,jurnalis yang jujur dan menjadi seorang sosok jurnalis yang memiliki pendirian dalam mentampaikan berita.

Selain memiliki ketertarikan dalam bidang ilmu komunikasi ia juga hobbi membaca buku filsafat,terutama buku tentang ketuhanan.Baginya selain belajar tentang ilmu komunikasi,belajar filsafat jugak tidak kalah penting.

Namun dalam mewujudkan cita citanya itu ia tak menemui jalan yang mulus,banyak faktor yang menghambat idealismenya,dari kritikan terhadap teman,dosen.

Semasa kecil ia tinggal salah satu kampung kecil di sumatera barat,dimana pada kampung itu sangatlah jarang di temukan orang orang yang pikirannya terbebas dari aturan adat.adanya keadaan seperti itu membuat ia termotivasi untuk menuntut ilmu ke negeri orang,dimana pada negeri orang manusia manusianya sudah membebaskan pikirannnya dari atuuran aturan adat.

Adanya kebiasaan cemooh di lingkungannya sekarang juga sangat menganggu ia dalam menyampaikan idealismenya. faktor ekonomi juga sering kali mempengaruhi pikirannya demi mewujudkan cita citanya, Keluhan keluhan dari orang tuanya membuat iya merasa terbebani,sehingga sullit bagi iya untuk memulai menyampaikan idealisme yang menurut ia benar. Hebatnya Ferdi,ia menjadikan rintangan yang ia lalui menjadi sebuah ujian yang harus ia jalan.dengan seperti itu ia akan lebih semangat dalam menjalankan hidupnya.Semangakin banyak ujian yang ia jalani semakin kuatlah ia.pada hakikatnya pencipta tidak akan menghancurkan ciptaanya sendiri,begitulah katakata yang ia tanam dalam benaknya. Pertolongan gaib juga tidak pernah ia lupakan,ia percaya sekali akan pertolongan Tuhan.bagaimana tidak selama hidupnya ia begitu banyak mendapat pertolongan Tuhan yang orang lain belum tentu mendapatkannya. Salah satunya pertolongan Tuhan yang ia alami ketika ia masa kecil di usia 3 tahun ia mengalami kesalahan teknis dalam menerima suntuk imunisasi yang menyebabkan bengkak di bagian paha,sehingga dokter harus menyarakan untuk operasi.namun keadaan ekonomi ia tidak memungkinkan untuk operasi,biaya operasi sangatlah mahal.uhasa uhasa yang di lakukan oleh kedua orang tuannya tidak berbuah hasil,namun dengan tekad yang kuat kedua orang tuanya membawa ia ke rumah sakit berharap balaskasihan dari pihak rumah.namun dalam perjalan ke rumah sakit bengkak di paha ia meletus sehingga kedua orang tuanya memutuskan untuk mengobati dengan cara tradisional saja. Alhamdulillah dengan pertolongan Tuhan bengkak di kakinya bisa terobati tanpa harusmengeluarkan uang yang banyak.

Tugas ferdi nasri  

Desain grafis

Tugas ferdi nasri  

Desain grafis

Advertisement