Page 1


COVER ART

1

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

Vol.33


EDITORIAL VOL. 33 Halo FENOMANIA !

Selamat atas terpilihnya bapak ir. Joko Widodo beserta bapak KH. Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Semoga amanah dan dapat menjalankan tugas beliau yang telah terpilih, Aamiin. Pada kabinet jilid II Joko Widodo (Kabinet Indonesia Maju), Presiden Jokowi mengumumkan tujuh staf khusus baru dari kalangan milenial. Wah, keren kan masih muda udah punya tugas penting, membantu melaksanakan tugas tertentu di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan Kementerian dan instansi pemerintah lainnya. Nah ini menjadi alasan pemilihan tema FENOM edisi bulan Desember ini. Sosok bulan ini yaitu Jerome Polin, seorang vlogger yang saat ini berkuliah di Jepang dengan beasiswa penuh. Mantap jiwa! Inspiratif bukan? Lalu ada Techno Update tentang mobil dengan desain unik, Tesla Cybertruck. Hidden Indonesia pasar ekstrem Minahasa, menjual daging yang tidak biasa. Dan masih banyak lagi artikel seru lainnya.

PENASEHAT Yofadikara Nurrohman Ripa Saepul Ahyar PENANGGUNG JAWAB Riezka Yunistika Fajriatifah PENGARAH REDAKSI Ahmad Dicky Fajriansyah PEMIMPIN REDAKSI Shabrina Jamilah EDITOR Elsa Mutiara Nuralifia CREATIVE DESIGN Adrian Nathanel Kalalo M. Budi Triono SOCIAL MEDIA MAINTENANCE Narayana KONTRIBUTOR Andesta Wulandari Maharani Anastasha Fabillah Asiah Makmur Hanif Mutaqin Nabylla Berlianita Rizqullah Anjar Pradana Sylvia Nurulita Syauqi Al Jufrie Triyasa Bintang Ardana

Selamat membaca, FENOMANIA!

Vol.33

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

2


Tidak lama dari pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil

Presiden Maruf Amin mengumumkan 21 staf khusus presiden baru, 13 staf khusus presiden dan 8 staf khusus wakil pesiden, hal ini menjadi perbincangan hangat dan menuai pro-kontra, karena staf khusus presiden yang ditunjuk ini merupakan milenial, aktivis dan politisi, siapa saja kah mereka? Mari kita simak profil singkatnya.

PRO

STA

KHU PUTRI INDAH SARI TANJUNG Wanita kelahiran Jakarta ini pernah menempuh penididkan di Academy of Arts di San Francisco, Amerika Serikat, sebelum ditunjuk menjadi stafsus, beliau pernah menjabat CEO dan Founder Creativepreneur Event Creator.

3

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

ADAMAS BELVA SYAH DEVARA Sebelumnya pernah menjabat sebagai CEO sekaligus CoFounder Ruangguru, beliau pernah dianugerahi majalah Forbes sebagai satu dari 30 pengusaha milenial yang paling berpengaruh di Asia berusia di bawah 30 tahun.

PRES

Vol.33


OFIL

ANGKIE YUDISTIAA (BIDANG SOSIAL) Walaupun beliau tunarungu, tidak berarti untuk dia untuk tidak melakukan hal yang produktif, ia mendirikan Thisable Enterprise bersama temannya, dan bekerja sama dengan Gojek Indonesia untuk mempekerjakan orang-orang dengan disabilitas di layanan Go-Auto dan Go-Glam.

GRACIA BILLY YOSAPHAT Ia mendapatkan beasiswa afirmasi dari pemerintah dan diterima di Fakultas Teknik Pertambangan Perminyakan ITB. Billy pernah diundang untuk magang oleh Pemerintah Amerika Serikat dan berbicara di depan State Department AS.

AF

USUS

SIDEN AYU KARTIKA DEWI Jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga ini memliki semangat dan komitmen tinggi, mengawali pengabdiannya bersama Lembaga Indonesia Mengajar, dan merumuskan Gerakan Sabang-Merauke.

Vol.33

AMINUDDIN MA’RUF Aminuddin adalah mantan Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Ia menjabat untuk periode 2014-2016. Aminuddin yang diusung kader PMII cabang Jakarta Timur terpilih memimpin PMII dalam Kongres di Jambi yang berlangsung 30 Mei sampai 10 Juni 2014. FENOM magazine - BEM FIKTI UG

4


ANDI TAUFAN GARUDA PUTRA Tercatat pernah meraih sejumlah penghargaan atas inovasinya, termasuk kepeduliannya terhadap sektor UMKM. Selain itu, ia juga dikenal sebagai founder sekaligus CEO Amartha Mikro Fintek.

ANAK AGUNG GEDE NGURAH ARI DWIPAYANA Pernah menjadi dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada. S1 Ilmu Pemerintahan di Universitas Gadjah Mada pada 1995. Kemudian, ia melanjutkan studi S2 di Program Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada dan S3 Ilmu Politik pada tahun 2013 Universitas Gadjah Mada.

PRO

STA

KHU

PRES SUKARDI RINAKIT (BIDANG POLITIK) Sebelumnya juga merupakan staf khusus di bidang yang sama. Selain itu, ia pernah menjabat Direktur Eksekutif Soegeng Sarjadi Syndicate, sebuah lembaga riset independen. Ia menempuh pendidikan S1 pada Jurusan kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia. 5

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

ARIF BUDIMANTA (BIDANG EKONOMI) Lahir di Medan, 14 Maret 1968, dan dikenal sebagai politisi PDI Perjuangan serta anggota DPR periode 2009-2014. Arif memiliki latar belakang pendidikan sarjana Institut Pertanian bogor (IPB) di tahun 1990. Setelah itu, ia melanjutkan ke jenjang magister di Universitas Indonesia. Vol.33


DIAZ HENDROPRIYONO Ia menempuh pendidikan di Norwich Military University, Amerika Serikat (AS), lalu melanjutkan pendidikan pascasarjana di Virginia Tech University, AS, bidang administrasi publik. Diaz kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Hawaii Pacific University, AS.

OFIL

AF

DINI SHANTI PURWONO (BIDANG HUKUM) Dini berlatar belakang pendidikan di dunia hukum. Ia menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia. Kemudian, ia melanjutkan S2 di Harvard Law School dan lulus pada 2002. Selain itu, ia pernah menjadi anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) selama sekitar 10 tahun, yakni tahun 2008-2018.

USUS

SIDEN FADJROEL RACHMAN (BIDANG POLITIK & PEMERINTAHAN) Mantan Komisaris Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Pria kelahiran Banjarmasin, 17 Januari 1964 ini, merampungkan pendidikan S1 di Jurusan Kimia Institut Teknologi bandung (ITB). Kemudian, ia melanjutkan pendidikan untuk jenjang S2 dan S3 pada program manajemen Keuangan dan Moneter di Universitas Indonesia. Vol.33

Selamat bekerja para staf khusus presiden yang telah terpilih! Semoga bisa membawa Indonesia lebih baik kedepannya. (sumber : kompas)

Rizqullah Anjar Pradana

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

6


SO SO K

BU LA N

IN I

SOSOK BULAN INI OSOK BULAN INI SOK BULAN INI OK BULAN INI K BULAN INI BULAN INI ULAN INI LAN INI OSOK SOK OK

Jerome

Polin Sijabat atau biasa dikenal sebagai si pemilik channel YouTube Nihongo Mantappu. Ia lahir di Jakarta pada 2 Mei tahun 1998, peraih beasiswa penuh di Waseda University, kisah perjuangannya untuk menggapai cita–citanya bersekolah diluar negeri ia tumpahkan dalam bukunya yang berjudul “Mantappu Jiwa”. Di sana ia bercerita bahwa mimpinya untuk bisa pergi bersekolah di luar negeri muncul karena ia iri mendengarkan cerita teman-temannya yang kalau liburan selalu berpergian ke luar negeri, saat itu Jerome yang masih duduk di bangku SD pun termotivasi untuk bisa berpergian ke luar negeri. Namun Jerome saat itu berpikir kalau bersekolah di luar negeri tentu saja tidak 7

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

JEROME POLIN

murah, lantas bagaimana caranya agar ia bisa bersekolah di luar negeri tanpa harus mengkhawatirkan biaya? Beasiswa, beasiswa penuh untuk belajar di luar negeri, mulailah perjuangannya Jerome kecil untuk mencapai mimpinya itu. Perjuangannya untuk mencapai cita–citanya itu tentunya tidak mudah guys, dari SD sampai ia SMA, tiada hari yang tidak diisi olehnya dengan membaca, latihan soal, menghafal, dan membaca lagi. Tentu saja semua itu ia lengkapi dengan doa, seluruh kerja kerasnya pun membuahkan hasil, pada bulan Agustus tahun 2016 ia terpilih sebagai salah satu siswa Indonesia yang meraih beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan S1 di Negeri Sakura, Jepang.

Vol.33


Tapi perjuangan Jerome tak selalu berbuah manis sebelum mendapatkan kabar bahwa ia mendapatkan beasiswa ke Jepang. Dirinya pernah sempat beberapa kali gagal untuk mendapatkan beasiswa penuh. Namun itu tak mematahkan semangatnya untuk menggapai cita–citanya, ia tetap bangkit dan berusaha untuk mendapatkan beasiswa yang ia impikan sejak lama.

Kini Jerome menempuh pendidikan S1 di Universitas Waseda jurusan Matematika Terapan, dengan impian untuk kembali ke Indonesia dan menjadi Menteri Pendidikan disini, hebat sekali bukan? Dari Jerome kita bisa belajar bahwa kerja keras, usaha, semangat dan doa tidak akan mengkhianati hasil yang ingin kita capai apapun itu asal baik.

Dalam bukunya ia juga bercerita bahwa perjuangan yang ia lakukan sangatlah berat dan melelahkan tak jarang ia bosan dengan rutinitasnya yang itu–itu saja, tak sempat bersosialisasi, tak sempat jalan–jalan, banyak waktunya ia korbankan untuk belajar. Namun semua itu tidak ia sesali karena menurutnya “dalam mencapai sesuatu memang harus ada yang dikorbankan, termasuk hal yang terlihat baik sekalipun. Kita harus berani mengorbankan yang baik demi meraih yang terbaik.” (#rumusjerome, Mantappu Jiwa).

Jadi buat kalian para FENOMANIA jangan pernah putus asa yaa, ingat “Ada banyak jalan menuju Roma” bila jalan yang kalian ambil belum berhasil mencapai Roma maka jangan menyerah dan bangkit lagi untuk mecoba jalan lain.

Maharani Anastasha Fabillah Asiah

Vol.33

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

8


EVENT REVIEW

fikti on talk

THE ROLE OF BIG DATA ON SOCIETY IN THE NEW TECHNOLOGY ERA

Merupakan acara yang diadakan oleh BEM FIKTI Universitas Gunadarma, acara tersebut diselenggarakan di kampus Karawaci. Diawali dengan sambutan-sambutan, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan lanjut lagu Mars Gunadarma. Kegiatan seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, informasi dan agar memahami peran BIG DATA untuk diera sekarang. Di era yang sekarang ini kita harus menguasai BIG DATA serta harus berinovasi agar bisa survive. Pengertian BIG DATA sendiri adalah sekumpulan set data yang sangat besar dan kompleks sehingga membutuhkan teknologi spesifik dan metode analisis untuk mentransformasi data menjadi bernilai.

Acara ini berjalan sukses, Pembicara yang diundang yaitu ka Muhammad Ammar Ramadhan, S.kom seorang IT Support at Watson Indonesia, lalu ada ka Yudistiranda Satya Nuthadi Putra, S.kom seorang Data Architect at alfacart.com dan ka Syifa Puteri Erita sebagai moderator. Para pembicara sangat menguasai dibidang tersebut dan menyampaikannya secara singkat, padat, dan jelas serta mudah dipahami oleh para peserta seminar dengan baik, dalam acara ini pembicara membahas apa itu BIG DATA, betapa pentingnya BIG Data dan juga menjelaskan bagaimana cara 9

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

memanfaatkannya di era yang sekarang. Acara ini mengusung tagline “your ideas are our future�. Apa alasan mengusung tagline tersebut? Menurut ketua pelaksa FONT sendiri, kami memilih tagline your ideas are our future dikarenakan ide-ide mereka (mahasiswa) nanti setelah acara ini itu dapat menjadi masa depan kita nanti.

Vol.33


Apa sih alasan membuat acara Fikti On Talk (FONT)? “Untuk mengenalkan mahasiswa mengenai kampus UG dan juga jurusan FIKTI itu sendiri, dan karena kita kan bidang IT, jadi saya ingin kalau mahasiswa itu cerdas dalam kemajuan teknologi tetapi sadar juga akan permasalahan lingkungan, nah, dengan tema FONT itu sendiri saya ingin menggerakkan mahasiwa agar dapat berpikir membuat teknologi yang dapat membantu permasalahan lingkungan, begitu.� ujar ketua pelaksa FONT, Pani Saputri.

Dalam acara, peserta terlihat serius mendengarkannya, pembicara membawakan materi dengan cara mudah dipahami dan sedikit diberi lelucon dalam pembawaan tersebut agar suasana tidak terlalu serius, pembicara juga menceritakan pengalamannya bagaimana cara dia memanfaatkan BIG DATA tersebut di era yang sekarang.

Dengan pengalaman-pengalaman tersebut, peserta jadi mendapat inspirasi dan pengetahuan lebih. Dan lanjut ke sesi tanya jawab, di sana banyak yang bertanya lalu pembicara juga menjawab pertanyaanpertanyaan tersebut dengan jelas sampai peserta itu paham.

Sekian review acara tersebut, dan kami mengucapkan terimakasih kepada BEM FIKTI karna telah mengadakan seminar yang bermanfaat. Semoga akan diadakan lagi seminar-seminar berikutnya yang bermanfaat bagi orang banyak. Sukses Selalu! Triyasa Bintang Ardana

Vol.33

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

10


OPINI MAHASISWA Siapa yang tidak mengenal staf khusus terbaru presiden kita yang ke-7 ini, yang terdiri dari Putri Indahsari Tanjung, Adamas Belva Syah Devara, Ayu Kartika Dewi, Angkie Yudistia, Gracia Billy Yosaphat Membrasar, Andi Taufan Garuda, dan Aminuddin Ma’ruf. Mereka ini siapa sih? Apa maksud dari Bapak Jokowi untuk menjadikannya staf? Mari kita lihat pendapat dari beberapa Mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan sistem informasi dan sistem komputer tentang hal ini.

11

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

1. Butuh ide Segar Dari pandangan yang saya lihat ke presiden ingin menggunakan ana sebagai pembuat ide yang cemerla out of the box atau diluar kebiasa akan menciptakan ide serta gaga segar, kreatif, dan inovatif.

2. Ingin Mempercepat realisasi pada Yang saya tahu anak–anak muda in khusus presiden dapat bekerja secar full time sehingga bisa bekerja dala dan dimanapun. Pastinya pada zam terkendala lagi oleh sulitnya komuni staf khusus ini dapat memberikan presiden terhadap kebijakan atau ke yang akan diambil dalam meresp meringankan tugas Bapak Jokowi di harap pemerintah dapat menerima gebrakan ide–ide cemerlang mereka

Siste

Vol.33


emungkinan bapak ak–anak muda ini ang yang berfikiran aan berarti mereka asan–gagasan yang

a periode ke-2 ni yang menjadi staf ra flexible dan tidak am keadaan apapun man sekarang tidak ikasi. Sehingga para n opsi–opsi kepada eputusan–keputusan pon sesuatu, untuk i periode ke-2. Saya masukan utuh dari secara utuh.

Aditya Dwi N em Informasi 2016

Vol.33

Makmur Hanif Mutaqin

Tanggapan saya mengenai staf khusus presiden di tahun ini itu sangat bagus karena dengan adanya staf yang baru ini yang diambil mayoritas para Professional Enterpreneur diharapkan dapat bekerja sama membuat rencana–rencana yang real. Salah satu staf khusus presiden yang baru yaitu Aminudin Ma’ruf, sebagai staf khusus milenial tahun 2019 yang telah di beri tugas oleh Bapak Jokowi untuk merealisasikan terkait kartu pra kerja. Menurut saya, kartu pra kerja akan bermanfaat untuk anak-anak yg baru lulus SMA atau SMK dan juga perguruan tinggi serta warga miskin yang membutuhkan agar mendapatkan program pelatihan dan memberi modal usaha bagi para pemilik kartu tersebut.

Rizki Fariska Ismail Sistem Informasi 2017

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

12


Hidden Indonesia

PASAR EKSTRIM MINAHASA

Sylvia Nurulita

HELLO FENOMANIA!

Apa kalian pernah dengar sesuatu tentang Pasar Tomohon? Berbeda dari pasar tradisioal pada umumnya, pasar ini menjual segala macam daging. Saat baru tiba dibagian depan Pasar Tomohon, Sulawesi Utara, tidak ada yang luar biasa dan sama seperti pasar–pasar tradisional lainnya. Layaknya pasar tradisional, pasar ini menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti pakaian dan kebutuhan lainnya. Namun beranjak ke bagian belakang, tepatnya di area penjual daging, satu persatu informasi mulai terungkap. Daging yang tidak umum untuk dikonsumsi menjadi sajian utamanya. Mulai dari tikus, anjing, ular piton, kelelawar dan babi terpapar di meja–meja para penjual daging. Satu yang menarik, kadang ada anjing yang masih hidup juga dijual di sini. Fenomena inilah yang membuat Pasar Tomohon berbeda dengan pasar–pasar tradisional di Nusantara. Bahkan nama Pasar Tomohon membuat wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulawesi Utara penasaran dengan keunikannya. 13

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

Vol.33


Hidden Indonesia

Tubuh anjing berwarna gelap, kepalanya terjuntai kebawah menjadi hal umum di Pasar Tomohon. Beda lagi dengan penjual babi, kepala utuh hewan gemuk ini terpanjang dengan sisa–sisa darah yang masih menempel di meja pemotongan. Mau jenis babi ternak maupun babi hutan, keduanya dapat diperoleh di pasar yang bernama lengkap Pasar Beriman Tomohon ini. Mau lihat cara menghilangkan bulu babi hutan dengan api pun juga bisa dilihat di pasar ini. Jika daging anjing ataupun babi masih juga umum, bagaimana dengan daging kelelawar dan tikus, lengkap dengan kepalanya. Wajah kelelawar yang menyeramkan pasti bisa membuat wajah FENOMANIA sedikit mengerutkan dahi melihatnya, tikus yang dijual disini juga bukanlah tikus yang hidup dalam gorong – gorong namun tikus hutan yang memiliki ciri ekor berwarna putih. Beragamnya daging yang diperjualbelikan di Pasar Tomohon tidak lepas dari Suku Minahasa yang merupakan masyarakat asli Sulawei Utara. Masyarakat di sini memang dikenal dengan pemakan segala jenis daging hewan. Selama daging itu bisa diolah dan dimakan, maka masyarakat Minahasa akan mencoba untuk dimasukkan kedalam perut. Begitulah istilah yang sering beredar di kalangan orang Minahasa. Khusus hari Sabtu dan Minggu, daging yang diperjualbelikan di Pasar Tomohon menjadi lebih beragam dan tidak biasa. Daging monyet hitam, yaitu hewan langka khas Sulawesi kadang juga diperjualbelikan di sini. Belum lagi daging ular piton dan daging kucing adalah daging yang turut diperjualbelikan dalam pasar ini. Berkeliling melihat jenis ‘daging tidak biasa’ ini menjadi kegiatan yang mengasyikan sekaligus menjijikan saat di Pasar Tomohon. Disarankan bagi FENOMANIA yang tidak kuat dengan darah dan penyayang binatang, jangan datang ke pasar ini. Mencium bau amis serta melihat daging binatang yang masih utuh lengkap dengan kepalanya akan menjadi hal yang menakutkan bagi FENOMANIA.

Vol.33

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

14


TIPS & TRICK

CARA MENAMPILKAN EMOJI PADA MUDAH KEYBOARD Ketika kita sedang chattingan entah itu dengan teman, orangtua, saudara, pasti suka dong menggunakan emoticon sebagai pelengkap ekspresi saat mengetik. Betul tidak, FENOMANIA?

Menggunakan emoji di keyboard Handphone terbilang mudah, tapi kalian pernah gak berpikir kalo misalkan kita chatting melalui komputer atau laptop terus ingin memasukkan emoji melalui Hotkey (shortcut) pada keyboard komputer atau laptop ?

Eits, tapi sebelummnya, pastikan Windows 10 kalian sudah update ke Build 16215

Syauqie Al Jufrie 15

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

Vol.33


L A N GK A H N YA !

1 2 3

Untuk menggunakannya caranya cukup mudah, bukalah aplikasi yang ingin kamu masukan emoji, misalnya saja Metro apps, browser, social media, ataupun text editor sederhana seperti notepad.

.

Kemudian gunakan shortcut WinKey + atau WinKey + ; untuk memunculkan emoji panel. Hasilnya akan seperti ini (ada gambar).

Kamu dapat bernavigasi menggunakan keyboard pada panel dengan cara Tab untuk berpindah kategori emoji, Shift + Tab untuk kembali ke kategori sebelumnya dan Enter untuk memasukan emoji, dan Esc untuk keluar dari panel.

That’s it!, dengan begitu kamu dapat memasukan emoji dengan mudah tanpa perlu membuka virtual keyboard terlebih dahulu. Mudahkan? Vol.33

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

16


SOLUSI MAKAN ENAK ASIK & NGEHITS Setiap Kota pasti memiliki tempat makan spesial yang sering dijadikan warganya sebagai tempat untuk nongkrong berkumpul bersama teman, keluarga dan koleganya. Begitu pula di depok. Di Kota yang termasuk kedalam jajaran Kota Metropolitan Jabodetabek ini kamu akan temui tempat makan yang menyajikan beragam sajian kuliner yang enak dengan suasana yang sangat recommended banget dah. Nama tempatnya adalah Makanholic, letaknya di Jl.Kartini no.14 Pancoran Mas, Depok, di tempat ini Kamu akan menemui beragam tempat makan dari mulai restaurant, cafe, kedai makan, warung makan, sampai makanan yang berada di emperan kaki lima yang menyajikan aneka kuliner yang sungguh akan menggoda siapapun orang yang kelaparan. Dan di lokasi ini juga seringkali terdapat tempat makan yang buka malam hari bahkan sampai tengah malam. Disana kamu akan menjumpai berbagai keanekaragam makanan loh,dari mulai yang trandsional asli dari indonesia sampai makanan tradisonalnya negara Jepang, yaitu sushi dll.

17

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

Vol.33


Ini nih list top 5 best seller lho yang patut kalian coba, diantaranya: 1. Drink Corner Sesuai namanya,dia menjual beragai minuman panas atau dingin, tinggal pilih aja deh. Jam Buka Senin-Kamis (10:00-22:00), JumatSabtu (10:00-23:00), Minggu (10:00-22:00). 2. Kedai Kita Nah mereka di sini lebih seperti cafe yang menyediakan berbagai kopi kopian gitu, buat kamu pecinta kopi boleh dicoba buat datang ke sini, ya. Jam Buka Senin-Kamis (10:00-22:00), JumatSabtu (10:00-23:00), Minggu (10:00-22:00). 3. Bakmi Pademangan Kalo ini buat kalian yang pecinta mie,dari muali bakso, mie ayam, sampai yamin semua ada di sini. Jam Buka Senin-Kamis (10:00-22:00), JumatSabtu (10:00-23:00), Minggu (10:00-22:00). 4. Yummy Shack Habis makan berat berat kayak yang di atas, di Makanholic juga menyediakan camilan untuk Kalian juga ga perlu dessert lho, kayak churros dll. khawatir dengan budget yangg Jam Buka Senin-Kamis (10:00-22:00), Jumatakan kamu keluarkan, semua Sabtu (10:00-23:00), Minggu (10:00-22:00). makanan di sini gak ada yang lebih dari Rp50.000 untuk 5. Daddy’s takoyaki satu orangnya, kok. Semua Nah kalau bosan dengan makanan Indonesia, di bawah Rp50.000-an saja. kalian bisa juga nih mencoba makanan Jepang Tempat enak, makan misalnya sushi, takoyaki, dll di sini. dan minum enak, harga Jam Buka Senin-Kamis (10:00-22:00), Jumatterjangkau, Makanholic ini Sabtu (10:00-23:00), Minggu (10:00-22:00). cocok banget buat ngumpul ngafe bareng temen-temen Nabylla Berlianita sekarang, lho, FENOMANIA. Vol.33

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

18


Movie Update HABIBIE & AINUN 3 Jenis Film

: Drama

Tanggal rilis : 19 Desember 2019 Negara

: Indonesia

Bahasa

: Bahasa Indonesia

Sinopsis Kisah Ainun (Maudy Ayunda) sebagaimana remaja di usianya, punya kisah kasih yang cukup unik, menggelitik dan menarik... (sumber artikel : Wikipedia) (sumber foto : beritagar)

Cast and low

Sutradara : Hanung Bramantyo Produser : Manoj Punjabi Skenario : Ifan Ismail Pemeran : Maudy Ayunda Reza Rahadian Jefri Nichol Lukman Sardi Musik : Tya Subiakto Sinematografi : Yudi Datau Penyunting : Wawan I. Wibowo Perusahaan produksi : MD Pictures Distributor : MD Pictures Lagu Tema : diciptakan oleh Melly Goeslaw berjudul “Kamu dan Kenangan� yang dinyanyikan oleh Maudy Ayunda 19

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

Vol.33


IP MAN 4 Tanggal rilis : Desember 2019 Negara

: Hong Kong

Bahasa : Kanton Anggaran : HK$52 million

Sinopsis Ip Man tiba di San Francisco, Amerika Serikat, bertemu dengan muridnya, Bruce Lee, yang menggemparkan komunitas seni bela diri setempat dengan membuka sekolah Wing Chun. (sumber : Wikipedia) (sumber foto : tribunnewswiki)

Cast and low Sutradara

: Wilson Yip

Produser Penulis Pemeran

: Raymond Wong : Edmond Wong : Donnie Yen Scott Adkins

Perusahaan produksi : Pegasus Motion Pictures

Vol.33

Andesta Wulandari

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

20


BOOK RECOMMEND MANTAPPU JIWA

DESKRIPSI BUKU Penulis

: Jerome Polin Sijabat

No. ISBN

: 9786020632421

Penerbit

: Gramedia Pustaka Utama

SINOPSIS

“Jadi ini buku soal latihan Matematika ya, Jer?� Bukan! Kata orang, selama masih hidup, manusia akan terus menghadapi masalah demi masalah. Dan itulah yang kuceritakan dalam buku ini, yaitu bagaimana aku menghadapi setiap persoalan di dalam hidupku. Di mulai dari aku yang lahir dekat dengan hari meletusnya kerusuhan di tahun 1998, bagaimana keluargaku berusaha menyekolahkanku dengan kondisi ekonomi yang terbatas, sampai pada akhirnya aku berhasil mendapatkan beasiswa S1 di Jepang. Manusia tidak akan pernah lepas dari masalah kehidupan, betul. Tapi buku ini tidak hanya berisi cerita sedih dan keluhan ini-itu. Ini adalah catatan perjuanganku sebagai Jerome Polin Sijabat, sebagai pelajar Indonesia di Jepang yang iseng memulai petualangan di YouTube lewat channel Nihonggo Mantappu. Yuk, naik roller coaster di kehidupanku yang penuh dengan kalkukasi matematika. It may not gonna be super fun, but I promise it would worth the ride. Minasan, let’s go, MANTAPPU JIWA! (sumber artikel dan cover buku : gramedia)

Tanggal Terbit : Cetakan keempat, Agustus 2019

21

Halaman

: 224 halaman

Kategori

: Pengembangan Diri

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

Vol.33


TUMBUH DARI LUKA

SINOPSIS

Saya Memilih Tumbuh Ada yang akhirnya tumbuh dari luka yang harus mereka terima. Mereka seperti kopi yang disiram air panas. Air panas membuatnya harum dan bermanfaat. Ada juga yang akhirnya hancur karena luka yang mereka terima. Mereka menolak tumbuh atas kekecewaan yang datang. Mereka hancur seperti tomat yang dimasukkan ke dalam air panas. Kamu tidak punya kuasa atas luka yang akan datang padamu. Tapi, kamu punya kuasa untuk memilih tumbuh atau hancur dari luka itu. Baca lagi buku ini saat kamu sedang terluka. Karena ikhlas menerima luka bukanlah perkara mudah. (sumber artikel dan cover buku : gramedia)

DESKRIPSI BUKU Penulis

: Indra Sugiarto

No. ISBN

: 9786237211198

Penerbit

: Loveable

Tanggal terbit : Agustus - 2019 Halaman

: 208 halaman

Kategori

: Pengembangan Diri

Vol.33

Andesta Wulandari

FENOM magazine - BEM FIKTI UG

22


Techno Update

HELLO FENOMANIA! Kalian pasti tahu akhir-akhir ini ada yang menarik di dunia teknologi otomotif, ya, Tesla Cyber Truck. Desain yang terkesan nyeleneh dan unik ini membuatnya menjadi perbincangan umum. Namun ada yang menarik di balik kehadiran truk pikap kontroversial Tesla Cyberturck. Desain mobil listrik ini ternyata terinspirasi kapal selam James Bond Lotus Esprit. Seperti yang dilansir dari Carscoops, Kamis (5/12/2019), pada 2013, Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk menimbulkan kegemparan saat dirinya mengungkapkan telah membeli kapal selam Lotus Esprit yang bermain di film James Bond pada 1977, The Spy Who Love Me. Syauqie Al Jufrie

23 FENOM magazine - BEM FIKTI UG

Vol.33


Techno Update

Pada 1989, pasangan dari Long Island, New York menghadiri pelelangan tertutup di mana mereka membayar sekitar 100 dolar AS untuk unit dalam penyimpanan yang tidak diketahui isinya. Baik mereka maupun penjual tidak tahu apa yang ada di dalam. Di dalam unit penyimpanan itu terdapat Lotus Esprit tahun 1976 yang digunakan dalam film The Spy Who Love Me. Ya, pasangan ini baru saja membayar 100 dolar AS untuk sepotong sejarah Hollywood. Berniat memperbaiki mobil, pasangan itu memasukkannya ke truk menuju rumah. Saat itu sang sopir truk menghubungi mereka melalui radio CB, bahwa mobil yang mereka angkut istimewa. Mengetahui hal tersebut, pasangan itu mengembalikan tampilannya secara kosmetik dan memajangnya di banyak pameran sebelum dilelang pada 2013. Pasangan ini kemudian menjualnya kepada pembeli rahasia seharga 997.000 dolar AS atau sekitar Rp14 miliar, dan pembeli rahasia itu ternyata Elon Musk.

Vol.33

FENOM magazine - BEM FIKTI UG 24


KABINET INSPIRATIF

SATUKAN INSPIRASI SEMANGAT BERINOVASI

Profile for FENOM E-Magazine

FENOM Volume 33  

Advertisement