Issuu on Google+

Nama : Felix Kristianto NIM : 1401094453 Class : 07 PBM

Degree of openess of e-market place merupakan e -marketplaces berdasarkan tingkat keterbukaan. Dimana dalam hal ini diklasifikasikan menajadi 3 yaitu : - Public e-market umumnya dimiliki dan dioperasikan oleh penyedia pihak ketiga - Consortia Dimiliki bersama dan dioperasikan oleh perusahaan yang berpartisipasi dalam pertukaran B2B secara online - Private Exchange e-marketplaces yang paling ketat dalam menyediakan hak akses kepada pihak luar

Category

Public E-Markets

Consortia

Private Exchange

Penjelasan

Public E-Market umumnya dimiliki dan dioperasikan oleh penyedia pihak ketiga. Mereka terbuka untuk setiap perusahaan yang ingin membeli atau menjual melalui pasar ini. Karena pasar ini mudah dimasuki dan juga mudah untuk keluarnya. Produk yang paling mungkin dijual melalui pasar ini adalah komoditas yang hanya sedikit bahkan tidak ada kustomisasinya.

Konsorsium biasanya dimiliki bersama dan dioperasikan oleh perusahan yang berpartisipasi dalam pertukaran B2B secara online. Akses jauh lebih terbatas daripada di public e-market, karena hanya pemegang saham dan mitra dagang saja yang diakui.

Pertukaran swasta atau biasanya disebut Pertukaran Pribadi adalah e-marketplace yang paling ketat dalam memberikan akses kepada pihak lain. Mereka biasanya dioperasikan oleh satu perusahaan yang ingin mengoptimalkan kegiatan sourcing dengan mengikat pemasok erat ke dalam proses bisnis. Operator pertukaran swasta mengundang pemasok terpilih untuk berpartisipasi dalam pertukaran swasta dan menyediakan mereka dengan informasi rinci tentang, misalnya, perkiraan penjualan atau statistic dari kegiatan bisnisnya.

Contoh Website

Mondus.com

Transora

Wal-mart


Sebutkan contoh di indonesia

-

-

-


Felix