Page 48

S I A PA D I A

INGIN AHU MENJADI PELOPOR SINGLE WINDOW Sukses mengembangkan bisnis kuliner, lulusan DIII Teknik Kimia di Politeknik Universitas Hasanuddin dan sarjana ekonomi Universitas Kosgoro Jakarta, pada 2016 telah memiliki tujuh gerai RM Raja Konro Daeng Naba di Jakarta dan Depok, Jawa Barat. Dari ketujuh gerai restorannya, pemerhati batik ini mengaku bisa meraup omzet hingga Rp 2 miliar per bulan. Akumindo menurut Ikhsan, panggilan Mohammad Ikhsan Ingratubun, ayah dua putri kelahiran Ujung Pandang, 26 Desember 1968 ini adalah lembaga yang didirikan untuk membantu pemerintah dalam upaya pengembangan dan pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

ore itu, AHU Magz berkesempatan melakukan wawancara dengan Ketua Umum Asosiasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia (Akumindo), Mohammad Ikhsan Ingratubun, SE, SH di Rumah Makan (RM) Raja Konro Daeng Naba, di Jalan Ampera Raya, Ragunan, Jakarta Selatan. Ia adalah pemilik usaha kuliner berbahan dasar iga sapi dan daging sapi, khas Bugis dan Makassar, Sulawesi Selatan yang berdiri sejak 1998. Semenjak kecil, mantan manajer senior di PT Bakrie Telecom Tbk ini, bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses. Selepas bekerja, ayah dari Putri Nurannisa SH (23), pengusaha Sate Taichan Tbob dan Ananda Aurora Khairunisa (18), mahasiswa Fisipol Komunikasi Universitas Indonesia (UI) ini selalu menyibukkan diri dengan mencari peluang usaha dan bisnis yang bisa dikembangkan.

48

A HU MAG Z | DITJE N AHU

| EDI SI 03 A P RIL 2 0 1 8

“Akumindo ini lembaga yang bertujuan melakukan kegiatan, pertama menyelenggarakan kegiatan pengembangan, pembinaan, pelatihan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan UMKM, kedua mlakukan kerjasama dengan pemerintah, perbankan, kementerian terkait serta lembaga -lembaga lain yang berhubungan dengan UMKM,� kata Ketua Akumindo periode 2015 – 2020 ini. Menurutnya, keberadaan UMKM, merupakan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, khususnya Pasal 33 dan Pasal 34 ayat 1. Dalam UU Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil,dan Menengah, Pasal 3 disebutkan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan.

Profile for Febby Fitri Anti

AHU Magz03  

Majalah AHU edisi ke tiga membahas tentang Program Prioritas Ditjen AHU 2018

AHU Magz03  

Majalah AHU edisi ke tiga membahas tentang Program Prioritas Ditjen AHU 2018

Advertisement