Page 44

PELESIR

alun, tempat berlangsungnya beberapa kegiatan upacara kerajaan dan aktifitas warga. Kota Ternate Berkeliling pulau Ternate yang luasnya 1.118 km ini cukup ditempuh sepanjang kurang lebih 40 km. Bermula dari landmark titik nol menuju ke arah selatan dan berakhir dari arah utara di mesjid Raya Almunawwar. Landmark Titik Nol adalah icon baru kota. Selepas subuh hingga menjelang tengah malam icon ini senantiasa ramai. Ada kolam air mancur dan tulisan “Ternate� yang menghadap ke laut, sangat tepat buat berswa foto. Pada titik ini lah keindahan sunrise dapat dinikmati. Bergeser sedikit ke arah selatan dari landmark titik nol ada pantai Falajawa.

44

A HU MAG Z | DITJE N AHU

| EDI SI 03 A P RIL 2 0 1 8

Lokasinya berada persis di pinggir Jalan Pahlawan Kota Ternate sehingga mudah sekali diakses. Pantai Falajawa menjadi tempat yang asik untuk nongkrong sambil menikmati suasana sore atau pagi di Ternate. Kawasan pantai telah dikembangkan sedemikian rupa untuk membuat para pengunjung lebih nyaman. Di sini dengan mudah menyaksikan anak-anak hingga orang tua berenang menikmati segarnya air laut. Pemandangan yang sudah jarang dijumpai di ibu kota propinsi lainnya di Indonesia. Air laut di tengah kota masih sangat jernih dan jauh dari polusi. Sebagai kota yang berada di pulau kecil, Ternate memiliki beberapa pelabuhan guna menghubungkan ke beberapa pulau di sekitarnya. Salah satunya adalah pelabuhan Bastiong, tempat berlabuhnya kapal ferry yang menuju ke

arah pulau Tidore dan Halmahera serta Bitung (Sulut). Menyeberang ke Tidore dapat ditempuh selama 30 menit kapal cepat dan 1.5 kapal ferry. Sempatkan berkunjung ke pulau yang jadi kembaran Ternate ini. Tidore menawarkan suasana lebih damai dibanding Ternate. Pesona Ternate berlanjut dengan mengunjungi danau eksotik, namanya danau Ngade, dari titik pandang yang biasanya wisatawan kunjungi, terlihat pemandangan tiga dimensi, danau kehijauan, laut tenang membiru dan perbukitan di pulau Maitara. Segala pesona di Danau Ngade memang pantas membuatnya jadi tempat wisata yang sulit untuk dilewatkan. Masih di seputaran Ternate, terdapat juga danau yang menyimpan keunikan tersendiri, namanya danau Tolire.

Profile for Febby Fitri Anti

AHU Magz03  

Majalah AHU edisi ke tiga membahas tentang Program Prioritas Ditjen AHU 2018

AHU Magz03  

Majalah AHU edisi ke tiga membahas tentang Program Prioritas Ditjen AHU 2018

Advertisement