Issuu on Google+

mogok penyidik kpk

aa gym nikah lagi

BBM NAIK TDL Batal

ik komkoba o narak ran an

gantung

anas EDISI 16 | 19-25 Maret 2012


Petunjuk Penggunaan

Halaman

geser halaman keatas atau kebawah untuk membaca halaman selanjutnya

Slide Show

geser gambar untuk melihat galeri foto & sentuh foto untuk melihat diukuran yang lebih besar

Video, Musik, Suara & Teks

sentuh layar untuk melihat video, mendengarkan musik atau suara dan membaca teks

Teks Scroll

Geser teks keatas dan kebawah untuk membaca teks


edisi 16 19-25 Maret 2012

hukum Mengebiri Kewenangan KPK Revisi UU KPK menyeruak berbarengan dengan kisruh internal yang melanda lembaga antikorupsi itu. KPK makin gembos.

album Bu Ani Operasi Kantung Empedu Internasional Jalan Kedua Horta Tanpa Xanana

Fokus Digantung Atau Sumpah Pocong

Nazar menuding Anas menerima Rp 50 miliar dari proyek Hambalang. KPK akan segera memeriksa Anas. Anas membantah dan menantang siap digantung di Monas.

ekonomi Rekening Gendut, Pajak Mengkerut people Aa Gym & Teh Ninih, Asmirandah, Liam Gallagher gaya hidup Penyakit Bulan Madu, Apa itu? interview Hendri Saparini

Nasional Jadi Nggak Jadi Jokowi

wkwkwk Komedi 3 Menteri & Caddy Seksi

Apa sebenarnya yang terjadi pada Jokowi? Namanya menjulang di ajang pemilihan DKI 1. Namun, PDIP ragu-ragu mencalonkan.

seni dan hiburan Horor Nanggung Daniel Radcliffe momen sepekan Habib Hasan Diperiksa

ik komkoba o r Na k ran a n a

Cover: Kiagus Aulianshah

Pemimpin Redaksi: Arifin Asydhad Wakil Pemimpin Redaksi: Iin Yumiyanti Redaksi: Deden Gunawan, M Rizal, Irwan Nugroho, Ken Yunita, Mulat Esti Utami, Silvia Galikano, Bahtiar Rifai, Evi Tresnawati, Monique Shintami, Isfari Hikmat, Rahmayoga Wedar Tim Foto: Dikhy Sasra, Ari Saputra, Haris Suyono, Agus Purnomo Product Management: Rohalina Gunara, Sena Achari, Eko Tri Hatmono Creative Designer: Mahmud Yunus, Kiagus Aulianshah, Galih Gerryaldy, Desy Purwaningrum Kontak Iklan: Arnie Yuliartiningsih, Email: sales@detik.com Telp: 021-79177000, Fax: 021-79187769 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Direktur Utama: Budiono Darsono Direktur: Nur Wahyuni Sulistiowati, Wishnutama Kusubandio, Andry S. Huzain, Warnedy Kritik dan Saran: appsupport@detik.com Alamat Redaksi: Gedung Aldevco Octagon Lantai 2, Jl. Warung Jati Barat Raya No.75 Jakarta Selatan, 12740 Telp: 021-7941177 Fax: 021-7944472 Email: redaksi@majalahdetik.com Majalah detik dipublikasikan oleh PT Agranet Multicitra Siberkom, Grup Trans Corp.


album

Bu Ani Operasi Empedu

I

bu Negara Ani Yudhoyono kembali kurang sehat. Hasil pemeriksaan menemukan adanya batu kantong empedu dan radang kantong empedu. Ia pun menjalani operasi pengangkatan kantong empedu. “Masuk rumah sakit 15 Maret pukul 10.00 WIB,” kata dokter kepresidenan, dr Aris Wibudi saat jumpa pers di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (15/3/2012). Operasi yang berlangsung di RSPAD, Jumat 16 Maret berjalan lancar. Kondisi Bu Ani disebutkan terus membaik. Jika tidak ada masalah sampingan, Bu Ani sudah bisa meninggalkan rumah sakit awal pekan ini. Dengan demikian Bu Ani bisa kem-

setpres

bali menjalankan aktivitas seharihari termasuk mendampingi Pre­ siden SBY. Menurut jadwal, pada akhir bulan ini Presiden SBY dijadwalkan ke Korea untuk mengikuti KTT Nuklir. Setelah itu dilanjutkan kunjungan kerja ke Cina dan Hong Kong. Namun karena kondisi Bu Ani saat ini, keikutsertaannya belum bisa dipastikan. (Monique)

Penghargaan Majalah FinanceAsia

Aktor Kaharuddin Syah Berpulang

M

D

elalui Kementerian Keuangan, Indonesia memperoleh penghargaan dari Majalah FinanceAsia sebagai “Best Sovereign Bond-Republic of Indonesia $2.5 billion 10-year bond” dan “Borrower of the Year 2011” pada Desember 2011 dan Januari 2012. Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh perwakilan majalah FinanceAsia, Stuart Wadsworth, kepada Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar, pada 7 Maret 2012. Majalah FinanceAsia adalah majalah keuangan yang mengulas isu-isu mengenai dunia keuangan dan pasar modal Asia dan diakui sebagai sumber informasi terdepan mengenai perkembangan perekonomian Asia. Kedua penghargaan tersebut diberikan atas prestasi Indonesia menerbitkan obligasi negara berdenominasi dolar AS di pasar global pada Mei 2011 de­ngan tenor 10 tahun sebesar US$ 2,5 miliar, dan sukuk berdenominasi dolar AS di pasar global pada November 2011 dengan tenor 7 tahun sebesar US$ 1 miliar. (Monique)

unia perfilman tanah air kembali berduka, Kaharuddin Syah, aktor senior era 70-80an ini mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, Senin 12 Maret 2012 pukul 17.00 WIB dalam usia 69 tahun. Almarhum meninggal akibat kanker lambung. Pensiunan Angkatan Laut dengan jabatan terakhir Letnan Kolonel ini telah membintangi lebih dari 30 judul film. Film pertamanya ‘Janji Sarinah’ (1976). Pemeran Letkol Soeharto di film Janur Ku­ning (1979) ini, terakhir bermain di ‘Dalam Mihrab Cinta’ (2010). Ia pernah menyabet Piala Citra sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik melalui film “Letnan Harahap” pada 1978. (Monique) Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Digantung

Atau

Sumpah

Pocong

Nazar menuding Anas menerima Rp 50 miliar dari proyek Hambalang. KPK akan segera memeriksa Anas. Anas membantah dan menantang siap digantung di Monas.

Reporter: M Rizal, Monique, Deden Gunawan

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

S

Proyek Hambalang di Bogor andri haryanto/detikfoto

ejak Desember 2011, tidak ada lagi ta­ naman palawija di tanah seluas 32 hektar di Jalan Pemuda No. 28, Kampung Cunge­ lik, Desa Hambalang, Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebagai gantinya, di tanah itu di­ tanam gedung menjulang. Gedung itu akan dijadikan Pusat Pelatihan, Pendi­ dikan, dan Sekolah Olahraga Nasional. P ­ embangunan yang merupakan proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu direncanakan selesai 31 Desember 2012.

 Sejatinya   proyek itu sudah harus berjalan sejak 2007. Tapi karena belum ada sertifikat maka lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang dihibahkan Probo­ sutedjo kepada Kemen­ pora itu akhirnya nga­ nggur. Semasa Kemen­ pora dijabat Adhyaksa Dault, di lahan itu hanya ­dibangun masjid dan ak­ ses jalan.
 Adhyaksa sengaja ­membatalkan pemban­ gunan sport center di Hambalang. “Karena belum ada sertifikatnya juga ada persoalan tempat itu tidak layak dijadikan sport center,” kata Adhyaksa kepada majalah detik. Ia pun kaget Menpora Andi M ­ allarangeng membangun sport center di ­Hambalang. Seorang staf desa Hambalang saat ditemui ma­ jalah detik mengatakan, lahan HGU atas nama Pro­ bosutedjo itu, sudah sejak lama digarap warga. Na­

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Tap untuk melihat Video Nazar

mun begitu akan dibangun proyek Kemenpora, lahan itu dibebaskan pada 2005. Masing-masing warga penggarap diberi uang kerohiman Rp 2.500 per me­ ter. “Tapi  proyek ternyata tidak jalan. Sebagian war­ ga akhirnya menggarap lagi,“ terang staf desa yang enggan namanya disebut itu.
 Setelah sertifikat lahan keluar, proyek itu kem­ bali berjalan. Menurut catatan di desa, sertifikat ­dikeluarkan pada Februari 2010. Sedangkan Kepala Badan Perizinan Terpadu (BPT) Pemkab Bogor Syari­ fah Sofiah menjelaskan, pengurusan IMB untuk proyek Bukit Hambalang, dimulai sejak 26 Oktober 2010.“IMB terbit sejak 30 Desember 2010,” jelas Syarifah. Keluarnya sertifi­ kat lahan di Hambalang ternyata menyisakan cerita lain. Sebab di balik pengu­rusan sertifikat ada uang m ­iliaran mengalir ke sejumlah pihak. Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum di­ tuding sebagai salah satu penerimanya. Anas diduga punya peran besar dalam proses pengurusan sertifi­ kat tanah yang ditangani Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tapi bantuan itu tentunya tidak gratis. Anas disebut menerima imbalan Rp 50 miliar.

 Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat (PD) Muhammad Nazaruddin mengatakan, keluarnya sertifikat lahan Hambalang itu berkat lobi Anas. ­Dengan bantuan Anas lah proyek yang sempat ter­

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Anas Urbaningrum rachman/detikfoto

tunda selama 4 tahun itu bisa jalan lagi.
“Proyek bisa jalan karena Anas turun tangan. Dia yang pang­ gil kepala BPN,” kata Nazar sebelum mengikuti ­persidangan di Pengadilan Tipikor, Senin 12 Maret 2012.

 Sebelumnya, pada 7 Desember 2011, Nazar yang jadi terdakwa kasus suap pembangunan Wisma At­ let SEA Games, Palembang, membeberkan keterli­ batan Anas dalam kasus Hambalang.
Nazar men­ gungkap, pada Mei 2009, ada pertemuan membahas proyek Hambalang yang dihadiri Anas, Dudung serta Direktur Marketing PT Duta Graha Indah (DGI) Moh El Idris. Pertemuan itu dilakukan di lantai 4 kantor PT Anugrah Nusantara, yang terletak di Jalan Casablanca, Jakarta. Lalu pada Desember 2009, Anas memanggil Nazar dan Angelina Sondakh, yang men­ jabat koordinator anggaran Komisi X. Keduanya ­ diminta menemui Menpora Andi Mallarangeng untuk membi­ ­ carakan proyek Hambalang. Beberapa hari kemudian keduanya bertemu Andi dan Ketua Komisi X  Mahyudin di Kantor Kemenpora. Di tengah perbincangan, Menpora memanggil Sesmen­ pora Wafid Muharam.
 Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan, Badan Anggaran (Banggar) DPR akan membuat anggaran khusus untuk proyek Hambalang dan teknis pelaksa­ naan dan sebagainya akan dibicarakan Angie dengan Wafid serta anggota Banggar DPR yang lain.
 Pada Januari 2010, Anas kembali minta Nazar

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Bukti Nazar tentang pengalihan saham PT Anugrah dan kepemilikan mobil Alphard ke Anas istimewa

untuk mempertemukan Angie dengan Mindo Rosa­ lina Manullang alias Rosa, marketing PT Anugrah Nusantara,  untuk mulai mengerjakan proyek Bukit Hambalang. Setelah itu, Anas menyuruh Nazar ­ memperkenalkan anggota Komisi II DPR kepada Kepala BPN Joyo Winoto, yang disusul pertemuan di Restoran Nippon Khan beberapa hari ­setelahnya. Dalam pertemuan di restoran itu, selain Nazar juga hadir  Anas, Mulyono, dan Joyo ­Winoto.
­“Disepakati Joyo Winoto akan memban­ tu permintaan Anas dalam rangka p ­enerbitan sertifikat tanah Bukit Hambalang yang telah ­diminta oleh Menpora untuk diterbitkan yang su­ dah 2 tahun tidak selesai-selesai,” ungkap Nazar.

 Pertemuan terkait proyek Hambalang juga di­ lakukan pada Maret 2010 di sebuah restoran Je­ pang. Saat itu yang hadir Nazar, Andi, Rosa, dan Wafid.
Menurut Nazar, saat itu Rosa minta bantuan agar proyek Hambalang dimenangkan PT DGI.  Permintaan itu disanggupi Wafid. Tapi Wafid mewanti-wanti PT DGI harus mengikuti aturan dan mekanisme yang berlaku.
Namun pada April 2010,  Anas ternyata memutuskan pemenang proyek senilai Rp 1,3 triliun itu adalah PT Adhi Karya, bukan PT DGI.  Kata Nazar, selain peng­ hubung PT Adhi Karya adalah teman dekat Anas, yakni Mahfud Suroso, PT Adhi Karya sang­ gup menyediakan dana untuk p ­ emenangan Anas sebagai Ketua Umum Partai De­ mokrat dalam Kongres di Bandung, 2010 lalu. “Saya mendengar perintah Anas ke­ pada Mahfud Suroso agar PT Adhi Karya ­menyerahkan Rp 50 miliar kepada Yulianis

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Anas di Kongres Bandung reuters

untuk dibawa ke Bandung dalam rangka Kongres Demokrat,” kata Nazar dalam kesaksiannya.
 Soal adanya uang yang mengalir di Kongres PD juga dikatakan beberapa saksi meringankan yang diajukan penasihat Nazar di Pengadilan Tipikor.

Na­ mun Anas secara tegas membantah tudingan Nazar. Malah ia sesumbar siap digantung. “Satu rupiah saja Anas korupsi di Hambalang, gantung Anas di Monas (Monumen Nasional),”ujar Anas di Kantor DPP PD, Jumat 9 Maret 2012.
Anas juga menyarankan KPK tidak perlu repot-repot mengurus soal Hambalang. Alasannya, masalah itu hanya berdasarkan ocehan yang tidak di­ ­ dasari bukti. Menanggapi ban­ tahan Anas, Nazar balik ­menantang mantan sahabatnya itu untuk sumpah pocong. “Ka­ lau di dunia ini sudah rekayasa politik, kalau memang sumpah pocong itu bisa jadi bukti nyata, ayo saya berani sumpah pocong sama Anas, siapa yang benar dan bohong,” kata Nazar.
 Sejak  terseret kasus suap Wisma Atlet, Na­ zar memang berulang kali menuding Anas sebagai aktor intelektual di balik kasus yang melibatkan ­dirinya. Cara kotor dalam mengeruk uang negara itu dilakukan dengan menggunakan PT Anugrah Nusan­ tara. Perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor dan supplier itu beberapa kali disebut Nazar adalah milik Anas.
 Untuk mendukung pernyataannya itu, Nazar juga

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Bukti kepemilikan saham Anas di PT Anugrah Nusantara istimewa

telah menunjukkan bukti pengalihan saham dari dirinya ke Anas. Dalam dokumen yang dimiliki ma­ jalah detik, pada 1 Maret 2007, Nazar telah melepas­ kan saham PT Anugrah miliknya ke Anas. Perjanjian penjualan saham itu dilakukan di hadapan notaris Asman Yunus, S.H., di Pekanbaru, Riau.
Selain bukti penjualan saham, Nazar juga mengungkapkan bukti balik nama mobil Alphard bernopol B 15 OA yang se­ belumnya atas nama PT Anugrah menjadi milik Anas. KPK tidak tinggal diam menyikapi kesaksian Na­ zar soal kasus Hambalang. KPK telah m ­ emeriksa 37 orang, terma­ suk nama-nama yang disebut Na­ zar, seperti Ketua BPN Joyo Winoto dan 3 ­petinggi PT Adhi Karya, Tau­ fiqurahman, M. Arif, dan Anes. Na­ mun m ­ ereka tidak mau m ­ emberi kete­ rangan pada wartawan. Data Indonesian Corruption Watch (ICW), keterlibatan Anas dalam kasus Hambalang sangat mungkin. “Anas tidak bisa mengelak,” kata aktivis ICW Donal Fariz. KPK belum menetapkan tersangka meski telah memeriksa 37 orang saksi. Status Anas yang ­namanya banyak dikait­ kan kasus ini pun masih menggantung, karena KPK belum bisa memberi kepastian. “Lalu kapan saudara Anas ditetapkan sebagai tersangka? Sampai sekarang belum sampai pada kesimpulan Anas ditetapkan se­ bagai tersangka. Tapi dalam waktu yang akan datang, jelas akan kita periksa,” kata Wakil Ketua KPK Buysro Muqoddas. (DEN/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

B

Adhyaksa Dault: Dana Hambalang Naik 300 Kali Lipat isa dijelaskan proyek Hamba­ lang pada waktu Anda menja­ bat sebagai Menpora?

Proyek itu awalnya di bawah Ditjen Olahraga Depdiknas tahun 2003. K ­ emudian semenjak saya menjabat di Kemenpora, di dua bulan pertama, ada pelimpahan proyek Hambalang untuk membuat sport center. Tapi proyek itu terhalang ­persoalan tanah, karena belum ada sertifikatnya. Juga ada persoalan tempat itu tidak layak dijadikan sport center. Kemudian saya akhirnya berinisiatif untuk menjadikan itu sebagai Wisma Atlet seperti yang di Ragunan. Yang di Ragunan tempatnya sudah rusak parah dan tidak layak. Saya pernah sampaikan ini ke KONI di Ciawi. Selain itu, saya mendapat m ­ asukan dari JA Katili (alm.) tentang rencana proyek sport center di Hambalang. Beliau ­mengatakan, tidak bagus untuk membuat bangunan di wilayah ring of fire, karena di situ ada Gunung Pangrango, Gunung Gede, dan Pelabuhan Ratu. Menurut be­ liau, jika membuat bangunan jangka pan­ jang 100 sampai 200 tahun, maka lahan di sana tidak cocok. Maka pembuatan sport center akhirnya batal dan diganti oleh wis­

ma olahraga. Berapa anggaran yang dibutuhkan? Waktu itu anggarannya Rp 120 miliar. Tetapi, proyek tersebut pun ditahan oleh Bappenas, karena bermasalah dengan sertifikat. Kita tak mendapatkan sertifikat tanah waktu itu dan tak bisa melakukan proyek. Proyek sekarang dilanjutkan oleh Andi Mallarangeng. Setelah Pak Andi Mallarangeng men­ jabat, saya kaget bahwa proyek ini dilanjut­ kan. Apalagi dengan anggaran yang me­ ningkat 300 kali lipat sampai Rp 1,5 triliun. Dia pun tidak pernah melakukan kontak dengan saya untuk membicarakan proyek ini atau dengan pihak deputi saya. Bagaimana dengan pendapat yang mengatakan itu proyek warisan Anda? Saya menolak kalau ada anggapan bahwa proyek Hambalang adalah ­waris­an dari saya. Saya menolak dong, karena waktu itu sudah kita hentikan. Sekarang proyek Hambalang dililit kasus. Apa tanggapan Anda? Saya tidak tahu urgensinya untuk apa, dan tidak ingin bicara mengenai proyek Hambalang dan kasusnya. Itu bukan u­rusan saya lagi. (WAN/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Hasan Alhabshy /detikfoto

Kasihan, Anas Diamputasi Pelan-pelan Sejak kasus Nazar bergulir, beberapa tokoh senior PD meminta SBY untuk menggeser Anas. Karena kasihan, SBY tidak setuju. Tapi peran Anas di partai, diamputasi pelan-pelan.
 Reporter: M Rizal, Isfari & Deden Gunawan


S

udah 8 bulan Partai Demokrat (PD) tidak putus dirundung malang. Sejak M. Naza­ ruddin jadi tersangka, Juni 2011, PD harus memakan buah simalakama. Yang terberat simalakama itu adalah memutus nasib Anas Urba­ ningrum, sang ketua umum. Ibarat film, kasus Nazar memang bak film serial

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Wakil Sekjen PD Saan Mustofa ramses/detikfoto

yang terus membuat deg-degan PD. Selain durasi­nya panjang, kisahnya beragam, aktor-aktor baru pun bermunculan. Sa­yangnya aktor baru itu tidak mem­ buat cemerlang Demokrat, tapi sebaliknya membuat partai besutan SBY ini terpuruk. Maklum Nazar terse­ ret banyak kasus, bukan hanya kasus suap pembangunan Wisma Atlet di Ja­ kabaring, Palembang. Sejumlah kasus lainnya, se­ perti Hambalang, pencucian uang, dan proyekproyek di kementerian lainnya juga ­menu­nggu untuk digelar di Pengadilan Tipikor.
 Nah, kasus-kasus itu lantas me­ nyeret tokoh-tokoh penting di internal PD. Yang paling berat dihadapi tentu saja terseretnya Anas, yang memang sebelumnya menjadi karib Nazar. Terseretnya nama Anas membuat nama baik partai jadi taruhan. Apalagi dalam beberapa survei, popularitas PD turun.  “Masalah Nazar memang jadi masalah di partai. Apalagi du­ rasinya panjang. Bahkan bisa sampai 2014,” ujar Wakil Sekjen PD Saan Mustofa kepada majalah detik.

 Masalah jadi makin runyam karena beberapa elite PD mulai bermanuver. Mereka berusaha menggu­ sur Anas. Bahkan peran Anas sebagai ketua umum pelan-pelan dipangkas. Misalnya dalam pene­ tapan calon gubernur DKI Jakarta. Dalam Pilkada DKI, Anas menjagokan Ketua DPD PD DKI Jakarta ­Nachrowi Ramli. “Dia (Nachrowi) nyapres saja saya dukung,” kata Anas, Sabtu, 3 Maret 2012. Namun  baru selang sehari, Anas langsung dipermalukan. Majelis tinggi partai lebih memilih

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

TB Silalahi ari /detikfoto

Fauzi Bowo (Foke), bukan Nachrowi. Kebetulan Foke tercatat sebagai salah satu anggota Dewan Pembina PD. “Pilihan ke Pak Nachrowi sudah didukung DPP. Tapi karena ada pressure dari ‘atas’ terpaksa kita mengalah,” ujar sumber majalah detik di DPD PD DKI Jakarta. Penetapan Foke sebagai cagub disebut-sebut sebagai upaya unjuk diri beberapa petinggi PD di ja­ jaran Dewan Pembina maupun pendiri PD. Sebab se­ jak Anas disebut-sebut dalam kasus Nazar, tokoh tua di PD sudah melakukan antisipasi. Peran Anas di partai pun pelan-pelan mu­ lai diamputasi.  Langkah itu sengaja diambil untuk mengantisipasi bila ada perkembangan terhadap status Anas.
Bukan itu saja, sebagai langkah antisi­ pasi, SBY juga membentuk Komisi Pengawas, yang dipimpin orang k ­ epercayaannya, TB Silalahi. Komisi ini bertugas melakukan pemantauan khusus terha­ dap ­persida­ngan Nazar. Selain itu Komwas juga mu­ lai bergerilya ke kader-kader PD di daerah.
 Tapi Ketua Komwas PD, TB Silalahi saat d ­ ihubungi enggan memberikan tanggapan.  “Saya tidak mau komentar soal itu. Maaf ya,” ujarnya singkat.
Semen­ tara sumber majalah detik di Komisi Pengawas PD mengatakan, Komwas menunggu saja proses hu­ kum yang berjalan di KPK terkait keterlibatan Anas. Ketika ada keputusan hukum, maka Komwas baru bergerak dan menerapkan kode etik terhadap kader yang dianggap punya masalah hukum. “Seperti kasus Angie, kan kita sifatnya memantau proses itu. Kita melakukan pemantauan, setelah ada keputusan, baru kita akan teliti secara etika, apakah memang bersalah atau tidak,” ujar anggota Komwas PD itu.

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

***

 Masalah Anas memang menjadi PR tersendiri bagi PD. Selain urusan kasus Nazar, mantan Ketua Umum PB HMI itu juga dituding bagi-bagi uang un­ tuk pemenangan dirinya di Kongres PD yang digelar di Bandung, pada 2010 silam. Bahkan beberapa DPC PD sudah melapor ke Komwas PD serta mengembalikan uang dan BlackBerry yang diberikan kubu Pemberiannya bertahap. Anas.
Mantan Ketua DPC Minahasa Pertama saya diberi Rp Tenggara, Sulawesi Utara, Diana 30 juta. Lalu yang kedua Maringka ­ mengungkapkan, uang US$ 2.000. Pemberian dan BB diberikan kubu Anas semi­ ketiga diberikan pada hari nggu sebelum k ­ ongres digelar. Pem­ pemilihan, US$ 5.000 bagian dilakukan di Hotel Sultan, Jakarta.
“Pemberiannya bertahap. Pertama saya diberi Rp 30 juta. Lalu yang kedua US$ 2.000. Pemberian ketiga diberikan pada hari pemi­ lihan, US$ 5.000,” beber Diana.
 Selain uang, kata Diana, beberapa anggota DPC juga diminta menandatangani kontrak politik yang isinya bersedia memenangkan Anas. Sebagai kom­ pensasi, Ketua DPC yang mendukung akan didukung menduduki posisinya selama satu periode lagi. Tapi sayangnya lembaran kontrak politik itu disimpan kubu Anas. Para Ketua DPC hanya membubuhkan tanda tangan di lembaran berisi kontrak politik itu.
 Namun hingga kini laporan Diana ke Komwas PD belum ada kabar berita. Rencananya, 21 Maret 2012, Diana dan beberapa DPC akan menagih keputusan Komwas. “Kami akan datang lagi ke Jakarta untuk minta kejelasan sikap Komwas. Jika belum diputus­ kan juga, terpaksa kami mundur dari PD,” tegas Di­ ana.


Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Rapat Fraksi Partai Demokrat detikfoto

Bagi orang-orang dekat SBY, kisruh di internal PD, buntut kasus Nazar sangat merugikan. Bahkan kabarnya, begitu kasus Nazar muncul, beberapa pendiri PD minta SBY untuk menggeser Anas. Tapi SBY memilih menggantung nasib Anas dengan me­ nyerahkannya kepada proses hukum di KPK. “SBY mengatakan kasihan,” ujar sumber yang merupakan anggota Dewan Pembina PD itu.
 Sumber yang lain menyatakan SBY sebenarnya setuju Anas diberhentikan. Namun SBY ingin semua dilakukan secara prosedural. “Yang mencuat prose­ dur yang akan dijalankan adalah lewat pelanggaran etika saat Kongres PD di Bandung,” kata sumber itu. Heru Lelono,  staf Khusus Presiden bidang Informasi Publik, membantah adanya permintaan Anas mundur itu. Tapi Heru mengaku SBY terganggu dengan konflik PD. “Kalau bicara logika, SBY  tentu ingin membersihkan dan memperbaiki sekaligus memperkuat PD. Tapi kalau bicara perasaan, SBY sakit hati dan kecewa,“ kata Heru. 
 (DEN/YOG) Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Daftar Dosa Anas M. Nazaruddin: Sosok ketua besar adalah Anas. Anas menerima Rp 2 miliar dari proyek Wisma Atlet. 
 Anas menerima fee Rp 80 miliar dari proyek Gedung Olahraga Hambalang, Bogor, Jawa Barat. 
 Anas menerima imbalan Rp 80 miliar dari proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) senilai R ­p 2,2 triliun. Pemberian uang itu juga diketahui Sutan Bathoegana.
 Anas terlibat transaksi pembelian saham PT Garuda Indonesia. 
 Anas menyuruh Nazar kabur ke Singapura beberapa saat sebelum dirinya dicegah ke luar negeri.

Nur Hasyim, adik M. Nazaruddin: Ada uang sekitar Rp 105 miliar untuk memenangkan Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Rp 70 miliar di antaranya diantar ke Senayan (Gedung DPR) sebelum kongres digelar. Saat kongres berlangsung, ada lagi dana digelontorkan dari perusahaan sebesar Rp 35 miliar. Selain dana itu, Hasyim juga menyebut ada dana untuk Anas terkait keun­ tungan Permai Grup dari proyek Wisma Atlet.

Heri Sunandar, sopir Grup Permai: Anas dikirimi uang sebesar US$ 1 juta dari Grup Permai.

Mindo Rosalina Manulang: Anas terlibat kasus Universitas Negeri Jakarta dalam proyek pengadaan peralatan senilai Rp 17 miliar.


Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Berjuang Melawan Badai Nazar

setpres

“Keberanian Anas mengatakan siap digantung simbolis. Anas dalam kondisi terpojok dan nekat.� Reporter: Isfari, M Rizal, Bahtiar

G

edung kura-kura di komplek Gedung DPR, langsung menyedot perhatian, Jumat 16 Maret 2012. Puluhan wartawan berkumpul di gedung yang atapnya berwarna hijau itu. Mereka menunggu sosok pria yang datang ke gedung itu. Orang itu adalah Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat (PD).
 Anas datang ke DPR untuk memberikan arahan Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Saya ada agenda protokoler, menerima tamu yang sudah diagendakan sebelumnya.

kepada seluruh anggota Fraksi PD (FPD) di DPR. Selain memberikan arahan, Anas juga sengaja datang untuk melakukan konsolidasi dengan politisi PD yang bertugas sebagai wakil rakyat.
 Dalam rapat internal FPD, seluruh anggota hadir. Hanya Ketua DPR Marzuki Alie yang mangkir dengan alasan ada urusan lain. “Saya ada agenda ­protokoler, menerima tamu yang sudah diagendakan ­sebelumnya,” kilah Marzuki dalam pesan singkat kepada wartawan.
 Kehadiran Anas tentu menarik perhatian wartawan. Soalnya selama kasus M. Nazaruddin bergulir, sosok pria asal Blitar, Jawa Timur ini sulit dimintai tanggapan. Padahal namanya hampir selalu disebut Nazar terlibat dalam kasus korupsi yang dilakukan Grup Permai, perusahaan yang kabarnya merupakan kongsi antara Anas dan Nazar.
 Namun kali ini sikap Anas jadi beda. Ia tampil santai saja dan sudah mulai mau menanggapi pertanyaan wartawan. Sekalipun jawaban yang dikeluarkan hanya singkat-singkat saja.
 Saat memberikan pengarahan yang berlangsung tertutup, Anas juga tampil penuh percaya diri. Ia memaparkan strategi untuk menghadapi Pemilu 2014. Meski kini banyak dilanda kasus, ia optimistis semua masalah yang diumpamakannya sebagai badai itu segera berlalu. “Badai itu kan pilih-pilih tempat. Siapa tahu pindah ke tempat baru karena sudah bosan. Kalau itu kita punya kesempatan untuk pemulihan, reborn,” kata Anas dalam pengarahannya, seperti ditirukan sumber majalah detik.
 Acara rapat internal itu kemudian ditutup dengan doa untuk kesembuhan Bu Ani.

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Tap untuk melihat video Anas sebelum rapat tertutup FPD di DPR. isfari/detikfoto

Bukan hanya di depan politisi PD di Senayan saja, Anas memberi pengarahan. Ia juga rajin berkunjung ke daerah untuk menjelaskan isu-isu yang me­ nyerang dirinya.  Anas juga belakangan mulai mau buka mulut ketika ditanya kasus Nazar.
 Posisi Anas memang agaknya semakin sulit jika terus memilih bungkam. Apalagi proses hukum terhadap Nazar bakal panjang. Paling tidak, menurut Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, ada 7 kasus yang menanti mantan Bendahara Umum PD itu. Sudah barang tentu, Nazar bakal menyebut-nyebut terus nama Anas.
 Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Maswadi Rauf menilai, kasus Nazar jadi sandera bagi Anas dan PD. Jika tudingan Nazar terhadap Anas diambangkan terus, semakin menambah buruk citra PD di publik.“Status Anas harus tuntas, kalau masih mengambang, ini berbahaya bagi PD,” terang Maswadi.
 Maswadi memaklumi saat ini ada kesan saling membentengi diri para ka­ der PD. Cara ini dinilai Maswadi sebagai upaya menghadapi kasus Nazar. Para politisi yang sebelumnya sempat mendorong Anas mundur pun belakangan sudah mulai bungkam. “Kita dapat arahan supaya diam. Jangan ngomong macam-macam oleh Komisi Pengawas, “ ujar sumber majalah detik di internal

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Saya melihat ada skenario untuk menghancurkan Demokrat dan Mas Anas.

PD.
 Sikap partai yang minta kader kompak bungkam seolah menambah rasa ­kepercayaan diri Anas. Bila sebelumnya Anas bungkam, akhir-akhir ini ia dengan lantang mengaku siap digantung di Monas bila terbukti menerima uang dari Hambalang.
Pernyataan Anas ini dianggap sejumlah kalangan sebagai titik awal perlawanan Anas. “Keberanian Anas mengatakan siap digantung simbolis. Anas dalam kondisi terpojok dan nekat,” ujar pengamat politik Ibramsjah kepada majalah detik.
 Tindakan nekat Anas akhirnya muncul, lantaran selama ini ia merasa selalu diserang dan dipojokkan. Bukan hanya dari luar partai, dari dalam partai serangan terhadapnya juga banyak.
 Tridianto, Ketua DPC PD Cilacap yang juga bekas staf khusus Nazar membenarkan, saat ini upaya menyerang Anas dan PD  sangat terlihat. Misalnya ­dengan isu bagi-bagi uang dan BlackBerry di K ­ ongres PD dan kesaksian anak buah Nazar di ­Pengadilan Tipikor.

 “Saya melihat ada skenario untuk menghancurkan Demokrat dan Mas Anas. Makanya saya sekarang mau muncul dan memberikan keterangan apa ­ adanya soal Nazar, bekas atasan saya,” ujar Tridianto yang mengaku sempat menjadi tim sukses ­pemenangan Anas untuk wilayah Jawa Tengah.
 Sebelumnya, saat kasus suap Wisma Atlet yang melibatkan Nazar mulai mencuat, Tridianto memilih bungkam. Sekalipun ia mengaku mengetahui betul kiprah Nazar dengan perusahaannya. Dalam berbagai kesempatan wawancara dengan majalah detik, Tridianto hanya mengatakan.  “Tung-

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

SBY dan Anas saat Kongres Bandung. dok.detikfoto

gu saatnya Mas. Saya tidak enak nanti ditegur DPP kalau bicara,” begitu kata Tridianto saat diwawancara pada bulan Juli 2011.
 Tapi sekarang, pria yang dikenal sebagai bos jamu tradisional di Cilacap itu, sudah berani menunjukkan diri. Bahkan dalam sebuah talkshow di salah satu televisi swasta, calon Bupati Cilacap itu berulang kali menyerang pihak yang selama ini menyerang Anas dan PD.
 Cara lain untuk menghadapi serangan terhadap PD terkait kasus Nazar, Sekretaris FPD Saan Mustofa menyebutkan, ada opsi yang akan dijalankan. Opsi itu adalah kader partai diminta memberikan k ­ eterangan kepada media sesuai dengan kapasitasnya. Saan menilai,  kisruh internal partai akibat kasus Nazar terjadi karena masingmasing kader memberikan pernyataan sendiri-sendiri.
Ke depan, dalam menanggapi isu-isu hukum terutama kasus Nazar, DPP akan menunjuk beberapa pengacara. Ketua DPP PD Bidang Kominfo Ruhut Sitompul mengatakan, PD mulai memberesi kerusakan akibat badai yang muncul dari kasus Nazar. P ­ embenahan berupa konsolidasi internal yang melibatkan sejumlah struktur, baik DPP, Komisi Pengawas, maupun Dewan Pembina. (DEN/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Karena Nazar, Rusak Anas Selamanya Reporter: Silvia Galikano

U

sia muda, otak encer, pembawaan tenang, karier pun cemerlang. Tak heran sempat banyak harapan ditumpukan pada Anas Urbaningrum. Tapi itu dulu. Kini harapan itu berantakan. Anas lahir di Desa Ngaglik, Blitar, Jawa Timur, 15 Juli 1969 dan menghabiskan masa SD hingga SMA di

setpres

sana. Dia pintar di kelas, aktif pula 足berorganisasi di OSIS. Lulus dari SMA, ia melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, lulus pada 1992. Ia lalu menamatkan

S2 di bidang Ilmu Politik UI pada 2000 dengan tesis Islam Demokrasi : Pemi足 kiran Nurcholis Majid, karena terinspirasi dengan gaya berpolitik Cak Nur. Sejak kuliah, Anas aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan puncaknya ketika terpilih sebagai Ketua Umum PB HMI periode 1997-1999. Organisasi ini jadi pintu baginya untuk berkenalan dengan politik, termasuk mengenal Andi Mallarangeng. Di HMI, Anas mengenal perempuan yang kemudian jadi istrinya, Athiyah Laila Attabik. Mereka menikah pada 10 Oktober 1999 di Yogyakarta. Dari pernikahan itu, keduanya beroleh 4 anak. Anas sempat menjadi anggota Tim Revisi Undang-Undang Politik (Tim 7) pada 1998, tim yang dibentuk Departemen Dalam Negeri. Setahun kemudian sebagai anggota Tim Persiapan Pembentukan KPU sekaligus anggota Tim

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu (Tim 11). Dia kemudian menjadi a­nggota KPU periode 2001-2005. Seiring peningkatan kariernya, harta kekayaan Anas pun meningkat. Data KPK, berdasarkan laporan Anas pada 2007, diketahui terjadi peningkatan harta kekayaan antara tahun 2005 dan 2007. Pada 2005, total kekayaan Anas Rp 1,17 miliar. Sedangkan pada 2007 sebesar Rp 2,23 miliar.
 detikfoto/hasan

Rumah anas di jl. teluk langsa, duren sawit jakarta.

Ia tercatat memiliki harta tak bergerak yang terdiri dari tanah dan rumah senilai Rp 965 juta. Tanah yang ­ dimiliki Anas tersebar di ­berbagai wilayah, Jakarta Timur, Depok, ­Karawang dan Bekasi. Kemudian, untuk kendaraan, Anas mempunyai 3 mobil, KIA Carens 2000, Nissan Serena 2004, Toyota Kijang 2007, dan 1 motor

yang nilainya mencapai Rp 383 juta. Namun Anas tak menyelesaikan masa tugasnya di KPU. Saat ramai kasus korupsi membelit anggota KPU, Anas mengundurkan diri menjelang berakhir masa tugas, 8 Juni 2005. Ia lalu bergabung di PD sebagai Ketua Bidang Politik dan Otonomi Daerah periode 2005-2010. Pada Pemilu 2009, Anas terpilih menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Timur VII. Berapa kekayaan Anas setelah jadi anggota DPR dan ketua umum PD? Hingga kini tak diketahui. Ia pernah memperbarui LHKPN Februari 2010, tapi laporan itu belum selesai ­diproses untuk jadi lembaran negara. Kekayaan dan karier Anas s­ebenarnya bisa terus menjulang. Awal terpilih sebagai ketua umum PD, banyak yang menggadang-gadang ­ Anas sebagai capres. Tapi kedekatan dan bisnis dengan Nazaruddin mengubah semuanya. Nazar membuat Anas harus berurusan dengan KPK. Tidak hanya itu, karier politiknya pun terancam tamat. (SIL/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Anas urbaningrum:

Anas belum mendapat panggilan KPK untuk diperiksa terkait kasus proyek Hambalang. “Tidak ada itu (surat panggilan)�. Reporter: Isfari Hikmat

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

K

etua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengaku KPK belum mengirimkan surat panggilan pada dirinya untuk diperiksa terkait kasus dugaan korupsi proyek Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sekolah Olahraga Nasional Hambalang. “Itu tidak ada,” kata Anas, di Gedung DPR, Jumat 16 Maret 2012. Sebelumnya Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menyatakan KPK ­ belum menetapkan Anas sebagai tersangka. KPK baru merencanakan untuk segera memanggil Anas. Anas yang menyatakan siap digantung di Monas bila terbukti terlibat kasus korupsi Hambalang itu tidak mau lagi menanggapi tudingan mantan bendahara umum PD, M. Nazaruddin. Berikut wawancara dengan Anas Urbaningrum: Tudingan Nazaruddin memengaruhi elektabilitas partai. Sejumlah survei menunjukkan adanya penurunan?
 Survei bisa jadi cermin, bahan evaluasi Partai Demokrat mengukur ­ dukungan rakyat hari itu seperti apa.
 Tidak khawatir dengan hasil survei?
 Kami selalu perhatikan hasil survei. Hasil survei adalah survei, bukan pemilu. Pemilu juga bukan survei.


Tidak merasa dirugikan?
 Kami berterima kasih atas ­banyaknya lembaga survei yang merilis hasilnya. Pengalaman panjang Partai Demokrat, yang naik-turun dukungannya. Pada 2004-2009 pernah survei jeblok, sekarang juga turun. Ini memotivasi kami.
 Apakah optimis dengan masa depan partai yang sedang Anda pimpin?
 Sekarang kami nomor satu. Kalau pemerintah saat ini berhasil. Partai Demokrat juga akan mendapatkan kredit politik untuk rakyat.
 Bagaimana dengan tudingan Nazaruddin terhadap Anda? (Anas terdiam) KPK akan segera memanggil Anda untuk kasus Hambalang. Tanggapannya?
 Itu tidak ada, terima kasih. (AI/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Patra M. Zen:

Tak Sebiji Sawi pun Anas Korupsi “(Siap digantung di Monas) Itu pernyataan kekerasan dan keberanian sikap. Itu juga menunjukkan kejernihan dan kejujuran hati.”

Reporter: Isfari Hikmat

A

nas Urbaningrum yang biasanya kalem, tiba-tiba melontarkan pernyataan kontroversial. Dia menyatakan siap digantung di Monumen Nasional (Monas) bila terbukti terlibat korupsi proyek Hambalang ataupun Wisma Atlet. Mengapa Anas membuat pernyataan itu? Pengacara Anas, Patra M. Zen menyatakan, pernyataan itu justru menunjukkan Anas tidak bersalah, sehingga membuat pernyataan yang berani. “Itu pernyataan kekerasan dan keberanian sikap. Itu juga menunjukkan kejernihan dan kejujuran hati,” kata Patra kepada majalah detik. Apa saja kegiatan Anas belakangan ini?
 Rapat harian, pelantikan. Dia kan ketua partai, yang diurus 300 DPC di seluruh Indonesia. Di rumahnya nggak pernah sepi. Bisa sampai jam dua malam. Jam tiga malah.
 Bagaimana dukungan terhadap Anas?
 Pelantikan di Sumatera Selatan hadir 170.000 orang, bukan seribu dua ribu. Dimana-mana orang mengantre disalami, berfoto. Saya yakin 2014 menang lagi.
 Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Bagaimana dengan tudingan M. Nazaruddin terhadap Anas?
 Sering saya ulang ya, tidak sebiji sawi pun Pak Anas terlibat tindak pidana korupsi. Terkait dugaan, pernyataan siapapun bukan hanya Nazaruddin, silakan disampaikan ke KPK. Tidak ada sedebu pun, kami menghalang-halangi. Bahkan sebaliknya.

 Sejumlah pihak mengungkapkan keterlibatan Anas dalam korupsi proyek Hambalang. Bagaimana tanggapan Anas?
 Sama jawabannya. Tidak sebiji sawi pun Pak Anas terlibat kasus Hambalang. Atau pencucian uang.

 Soal pernyataan Anas bersedia digantung bila menerima uang korupsi, itu bagaimana awalnya?
 Itu pernyataan kekerasan dan keberanian sikap. Itu juga menunjukkan ­kejernihan dan kejujuran hati. Pak Nazaruddin berani nggak? Itu bahasa pesan. Artinya tidak terlibat. Mau diapakan aja boleh deh, meski dalam hukum tidak ada digantung itu.
 KPK berencana memanggil Anas. Seperti apa tanggapannya?
 Nggak ada rencana-rencana. Di PLTS dia datang kok, di Komisi Etik KPK dia datang. Apa relevansi Pak Anas dipanggil. Untuk Hambalang saya nggak tahu, panggilan saja belum ada.
 Kenapa Anas tidak melakukan pembuktian terbalik saja terhadap tudingan M. Nazaruddin?
 Tidak ada pembuktian terbalik. Jaksa penuntut umum lah, kalau tindak pidana. Saksi Ricko Baskoro saksi ad charge (memberatkan) sudah dilaporkan. Ini

Majalah detik 19-25 maret 2012


Fokus Menggantung Anas

Dia bukan menjebak tapi menjorokin, yang punya perusahaan dia.

pesan bagi yang memberi keterangan palsu.
 Di pengadilan Tipikor, Nazaruddin mengatakan Anas mengatur proyek Hambalang pada Mei 2009?
 Kasih KPK buktinya. Ah tipu tuh orang. Orang itu yang pimpin rapat tiga kali seminggu. Tidak pernah seumur hidup Pak Anas ke Mampang (Tower Permai).
 Disebutkan juga Anas bertemu Moh El Idris membicarakan proyek Hambalang, apakah benar?
 Memang ketemu nggak boleh? Kalau ada sangkaan silakan proses. Besok-besok orang ngeri kalau rapat, banyak masuk penjara. Kalau setiap pertemuan dianggap terlibat.

 Sejumlah bukti menunjukkan Nazar memberikan mobil dan saham pada Anas, bagaimana penjelasannya?
 Nggak ada. Sampaikan ke KPK. Baca UU Perseroan Terbatas, pengalihan itu harus ada berita acara RUPS. Pengalihan saham harus dilaporkan ke Menkumham. Kalau nggak enak betul, tinggal injak orang.

 Apakah ada pertemuan Anas Urbaningrum, ­Mulyono, Joyo Winoto dan Nazaruddin, pada Mei 2010 yang katanya membahas pembebasan lahan Bukit Hambalang?
 Soal mengatur, itulah tudingan Nazaruddin. Dia bukan menjebak tapi menjorokin, yang punya perusahaan dia. Dia inisiatif sendiri, nggak pernah koordinasi dengan Pak Anas.

 Soal tudingan aliran uang untuk Rakornas Partai Demokrat. Bagaimana tanggapannya?

 Semua kader tahu kalau itu bohong. Dia tipe petinju, kalau uang dia nggak mau kasih. Kader tahu bagaimana Pak Nazaruddin itu. (IYE/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


nasional nasional

Jadi Nggak Jadi

Jokowi

Apa sebenarnya yang terjadi pada Jokowi? Namanya menjulang di ajang PILkada DKI. Ia calon potensial PDIP. Namun, lika-liku yang dihadapinya amat rumit.

Reporter: Bahtiar Rifai Foto: detikfoto

Majalah detik 19-25 maret 2012


nasional

D

Jokowi dengan mobil ESEMKA detikfoto

i antara ribuan penonton pertandingan sepak bola Persija Jakarta versus Persegres Gresik di Gelora Bung Karno itu, terselip wajah Alex Noerdin. Gubernur Sumatera Selatan itu asyik menonton pemain klub “macan kemayoran� beraksi. Sesekali ia ikut berteriak. Jelas keberadaan Alex memancing perhatian. Terlebih, penampilannya sepanjang pertandingan pada Selasa 14 Maret 2012 petang itu sangat mencolok. Sehelai syal Persija melingkar di lehernya. Beberapa anggota rombongannya juga memakai atribut serupa. Usai pertandingan, Alex disalami sejumlah orang di stadion. Pada jam yang sama, Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), baru saja pulang dari kantornya yang terletak di dekat Pasar Gede, Solo. Tak ada yang dilakukannya kecuali bersantai di rumah dinasnya di Jl. Slamet Riyadi. Baru pada malam harinya dia berencana pergi lagi menemui masyarakat Solo. Alex dan Jokowi adalah nama-nama dari daerah yang turut meramaikan bursa calon gubernur DKI Jakarta. Namun, keduanya beda nasib. Alex-Nono Sampono sudah resmi diusung Partai Golkar, PPP, dan PDS, pada 8 Maret 2012. Sejak saat itu, Alex rajin mendekati warga Jakarta, termasuk bercampur dengan Jakmania. Sedangkan PDIP tidak kunjung mencalonkan Jokowi sebagai bakal pemimpin ibukota. Bahkan, situasi politik yang berkembang justru menciutkan peluang Jokowi di pentas DKI 1. Politikus senior PDIP Taufiq Kiemas menyatakan Jokowi lebih baik tetap Majalah detik 19-25 maret 2012


nasional

Megawati Soekarnoputri getty images

di Solo. Lalu, Jumat 16 Maret 2012, Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap adanya pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto. Keduanya menyepakati pengajuan Jokowi dalam Pilkada DKI. Namun, pihak PDIP membantah telah terjadi kesepakatan. Sekjen DPP PDIP, Tjahjo Kumolo, membenarkan ada pembahasan pencalonan Jokowi antara Megawati dengan Prabowo, namun belum ada keputusan akhir. *** Jokowi, lahir 21 Juni 1961, adalah walikota Solo yang moncer. Pengusaha itu berhasil memimpin kota batik itu, khususnya dalam penataan kota dan kepeduliannya terhadap masyarakat kecil. Tak heran ia terpilih kembali sebagai walikota Solo periode kedua (2010-2015) dengan kemenangan mutlak 90 persen suara lebih. Kepopuleran alumnus Fakultas Kehutanan UGM itu menembus batas wilayah Solo. Bahkan, sebagian kalangan menilai Jokowi mampu jadi presiden. Lalu, datanglah Pilgub DKI. Ia kembali disebutsebut sebagai sosok yang mampu membenahi kesemrawutan Jakarta. Dari sejumlah survei, namanya bertengger di urutan teratas. Misalnya survei yang digelar Cyrus Network awal tahun ini, Jokowi menduduki ranking kedua di bawah Fauzi Bowo dengan suara 17,3 persen. Jokowi dianggap sebagai calon terkuat yang bakal diusung PDIP. Tapi, PDIP tak seperti Golkar Majalah detik 19-25 maret 2012


nasional

Alex Noerdin detikfoto

maupun PPP yang terang-terangan menunjuk langsung calonnya. Entah apa motifnya, PDIP malah menggelar audisi bakal cagub DKI, Selasa 6 Maret 2012. Beberapa figur datang, termasuk Jokowi. Namun, tak ada kelanjutan dari audisi itu. Bahkan, salah satu peserta, Nono Sampono berpaling ke Golkar dan menjadi cawagub Alex. Sementara Jokowi tak lagi-lagi ke Jakarta untuk konsolidasi politik menjelang pendaftaran Pilgub DKI. Isu lainnya berembus. Megawati sudah memplot Jokowi untuk Cagub Jawa Tengah menggantikan Bibit Waluyo. Mencuat pula wacana Jokowi disandingkan dengan Fauzi Bowo, yang diusung Demokrat meski belum resmi. Namun, memosisikan Jokowi sebagai cawagub agaknya tak mungkin. Ia hanya mau dicalonkan sebagai DKI 1. Lalu, muncul nama mantan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Adang Ruchiatna, yang ditawarkan jadi pasangan Foke. Diajak bicara dari hati ke hati, Jokowi mengatakan manut saja kepada DPP PDIP. Sebenarnya, dia bukan tipe pengejar jabatan. Namun, siap jika ditugasi menjadi calon PDIP di ajang Pilkada DKI. “Kalau ada penugasan dari partai yang bersifat tugas negara, maka saya wajib untuk memenuhinya,” katanya. Jokowi mendengar adanya pertemuan antara Megawati dan Prabowo. Namun, ia sendiri memilih santai sambil melakukan kewajibannya sebagai walikota. Menunggu ada tidaknya panggilan dari DPP PDIP. “Alhamdulillah tadi habis menyusuri Bengawan Solo bareng Kopasus. Melihat kondisi sungai, tadi kan agak meluap. Jadi kita harus siap-siap,” katanya kepada majalah detik, Jumat 16 Maret 2012. (WAN) Majalah detik 19-25 maret 2012


NASIONAL

g n a t n a g g n e s M u g u i G Asappornograf Anti gus tugas k gu membentu afi. Menkominfo h a t in r e m r g Pe baga itu tas porno pemberan bantu. Namun, lem pornografi. r merasa te efektif menangkal k a t i dinila ahtiar Rifai Reporter: B

Majalah detik 19-25 maret 2012


NASIONAL

W

Menko Kesra Agung Laksono. setpres

arga Kota Bogor, Jawa Barat, digegerkan dengan ulah sekelompok orang di sebuah hotel di kawasan Parung, M ­ inggu 10 Maret 2012. Di salah satu kamar hotel esek-esek itu, mereka membikin film porno. Pelaku terdiri dari seorang laki-laki dan perempuan. Sementara dua lainnya bertugas ­mengambil video dan foto. Perbuatan mereka kepergok aparat Polres Kabupaten Bogor yang tengah menggelar razia narkoba malam itu. Tak ada narkoba, tapi didapati kamera yang mencurigakan di kamar mereka. Akhirnya, para tersangka mengaku habis syuting video porno. Empat pelaku langsung digelandang ke Mapolres Kabupaten Bogor. Terungkapnya kasus menghebohkan itu tak berselang lama setelah dibentuknya Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Pornografi. Seperti diketahui, Presiden SBY mengeluarkan Perpres tentang pembentukan Gugus Tugas itu pada 2 Maret 2012. Perpres itu merupakan amanat UU No. 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi. Misinya, mengkoordinasikan pemberantasan pornografi di Indonesia. Namun, Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Imron Ermawan menolak berkomentar, apakah operasi itu berhubungan dengan Gugus Tugas Antipornografi itu atau bukan. Yang jelas, katanya, malam itu anak buahnya sedang menggelar razia narkoba. Razia dimulai sejak pukul 21.00 WIB, Sabtu, 9 Maret 2012. “Soal itu (Gugus Tugas) tanyakan saja ke Kapolres,” ujarnya. Menko Kesra Agung Laksono menggelar jumpa pers mengenai Gugus Tugas Antipornografi, tiga hari setelah terungkapnya kasus video porno di Bogor. Majalah detik 19-25 maret 2012


NASIONAL

Demo antipornografi dikhy s/detikfoto

Agung adalah ketua lembaga pembasmi pornografi itu. Ia langsung menyinggung kasus Bogor sebagai contoh yang harus ditertibkan oleh lembaga di bawah komandonya itu. Pada Mei mendatang, lanjut politikus Partai Golkar itu, pemerintah akan mendeklarasikan Gerakan Nasional Antipornografi. Gerakan itu, dan juga keberadaan Gugus Tugas, diharapkan membawa dampak positif ke tengah-tengah masyarakat. “Kalau ada hal-hal seperti itu (kasus Bogor), jangan segan-segan untuk melaporkan,� ucap Agung. Harapan yang sama juga diungkapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Kemenkominfo merasa sangat terbantu dengan adanya Gugus Tugas Antipornografi itu. Sebab, selama ini penangkalan pornografi yang bisa dilakukan mereka hanya sebatas di dunia maya. Dengan gugus itu, cakupan pemberantasan pornografi akan menjadi lebih luas. Kepala Humas dan Informasi Kemenkominfo Gatot S. Dewa Broto mengatakan, pertumbuhan situssitus negatif, termasuk situs porno, sangat pesat. Pada 2010 saja, terdapat 300-400 juta laman situs. Itu artinya, ada sekitar 28-30 ribu situs porno yang muncul dan bisa diakses oleh siapapun dan di mana pun. Orang Indonesia sendiri, kata Gatot, merupakan pengakses terbanyak situs pornografi. Ini mengejut-

Majalah detik 19-25 maret 2012


NASIONAL

Menkominfo Tifatul Sembiring ramses/detikfoto

kan, sebab satu setengah tahun yang lalu, Indonesia masih berada di urutan ketujuh. Menurut Gatot, sejak Tifatul Sembiring menjadi Menkominfo, situs-situs porno yang banyak diakses diblokir. Gatot mengklaim, 90-95 persen situs negatif sudah diblokir. “Selain itu juga kami melakukan pemblokiran terhadap link yang masuk kategori situs negatif,” ucap dia. Namun, di balik harapan yang besar terhadap Gugus Tugas Antipornografi itu, terdapat juga sikap pesimisme. Sebagian kalangan di DPR bahkan menilai pembentukan gugus itu sangat mengada-ada. Sebab, selain buang-buang uang, pemberantasan pornografi sudah ada penanggungjawabnya. Penggiat gerakan Internet Sehat dari ICT Watch, Donny BU, meragukan keberhasilan Gugus Tugas Antipornografi. Berkaca dari banyaknya lembaga serupa yang dibentuk pemerintah seperti Satgas Antimafia Hukum dan TKI hingga kini tak jelas hasil kerjanya. Tapi, kalaupun lembaga itu tetap diadakan, maka fokus tugasnya sebaiknya bukan pada tindakan represif, seperti pemblokiran situs porno. Cara-cara seperti itu terbukti tidak ampuh. Lebih baik, Gu­ gus Tugas Antipornografi memberi edukasi tentang bagaimana memanfaatkan internet secara positif. “Satgas itu apa sih yang mau diuber? Kalau menggunakan bahasa awam, menggantang asap, nyaring-nyaring asap,” kata Donny. (WAN/YOG) Majalah detik 19-25 maret 2012


nasional

Siasat Listrik,

Meredam Panik Menaikkan harga BBM nampaknya akan tetap dilakukan pemerintah. Masyarakat resah. Penolakan terus mengalir. Pemerintah pun berupaya meredamnya dengan membatalkan kenaikan TDL.

Reporter:Bahtiar Rifai & Evi Tresnawati Foto: stock.xchng Tap untuk membaca lebih jelas

Majalah detik 19-25 maret 2012


nasional

R

Penolakan kenaikan harga BBM detikfoto

atna (43) harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli barang-barang k ­ebutuhan pokok. Harga sembako di pasar sudah ­melonjak tinggi. Cabai rawit m ­ isalnya, bila dulu per kilo dapat dia beli seharga Rp 20 ribu, kini naik jadi Rp 30 ribu. Ratna yang suaminya hanya bekerja s­ ebagai tukang ojek tentu mengeluhkan kenyataan itu. Belum lagi bila nanti harga BBM jadi dinaikkan, beban hidupnya pasti bertambah. “Belum buat biaya anak sekolah, dan ongkos lain-lainnya,” ucap warga Rawa Belong, Jakarta Barat, itu, saat ditemui majalah detik. Kenaikan harga BBM yang direncanakan pemerintah pada 1 April 2012 mendatang itu membuat Ratna makin resah. Namun, ia ­hanya bisa pasrah. Ibu rumah tangga ini juga tidak berharap banyak bisa mendapat kompensasi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT). “Kadang-kadang dibuat sulit. Perlu banyak persyaratan. Beda kalau punya saudara RT atau lurah, pasti dia dapat. Padahal dia orang yang berpunya,” ­katanya. Siti (60), warga lainnya, juga sama tidak setujunya bila BBM dinaikkan. Pemilik warung nasi di daerah Jati Padang, Jakarta Selatan, ini khawatir k ­ ehilangan pelanggannya. Sebab, harga-harga makanan di warungnya juga akan naik. “Tapi mau bagaimana lagi, kita kan orang kecil, ngikut saja sama pemerintah,” ucapnya. Penolakan kenaikan harga BBM juga dilakukan Majalah detik 19-25 maret 2012


nasional

Kenaikan harga BBM masih diwarnai tarik ulur. Pemerintah menargetkan keputusan resmi sudah dapat diambil pada 1 April mendatang

dengan aksi-aksi oleh mahasiswa dan buruh. Sejumlah unjuk rasa pecah di berbagai daerah sepanjang pekan ini. Tak jarang, aksi-aksi itu diwarnai dengan penyegelan SPBU oleh para demonstran. Juga, tindakan represif yang dilakukan oleh aparat terhadap mereka. Hingga pertengahan Maret 2012, kenaikan harga BBM masih diwarnai tarik ulur. Pemerintah menargetkan keputusan resmi sudah dapat diambil pada 1 April mendatang. Pemerintah beralasan, kenaikan harga minyak dunia membuat subdisi untuk BBM jenis solar dan premium makin besar. Bila BBM tidak dinaikkan, APBN akan terbebani. Dalam hitungan APBN 2012, ­ pemerintah dan DPR sepakat harga ­minyak mentah US$ 90 per barel sebagai patokan. Tapi, saat ini harga minyak su­ dah mencapai US$ 122,7 per barel. Di samping itu, konsumsi solar dan premium di dalam negeri juga ­melonjak, dari sebelumnya 35, 8 juta per liter pada 2010 menjadi 38, 5 juta liter sampai akhir 2011 lalu. Presiden Susilo Bambang Y­udhoyono (SBY), ­mengatakan, menaikkan harga BBM tak hanya akan menyehatkan APBN. Penyesuaian BBM juga untuk menunjang perekonomian nasional. Ia menyadari dampak dari kebijakan itu terhadap hajat hidup ­masyarakat. Maka, antisipasi pun dilakukan. “Ini juga untuk kegiatan perekonomian rakyat,” ujar Kepala Negara di ­Kediamannya, Cikeas, Bogor, Rabu, 14 Maret 2012. Sebelum berbicara kepada pers, SBY menggelar pertemuan dengan pemimpin partai Setgab Koalisi. Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan, pada intinya Setgab mendukung k ­ enaikan harga BBM. Namun, itu Majalah detik 19-25 maret 2012


nasional

Bakar ban, tolak kenaikan BBM detikfoto

harus menjadi opsi terakhir yang dipilih pemerintah. “Kalau opsi terakhir itu diambil, ­koalisi sepakat buat kedepankan empati bagi masyarakat yang paling terdampak,” ucap Ical. Di antara anggota Setgab, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) adalah partai yang sudah jelas menyatakan sikapnya. PKS menolak kenaikan harga BBM. Sementara di kalangan oposisi, yakni PDIP dan Gerindra jelas menolak. Menurut politikus PDIP, TB Hasanuddin, lebih baik pemerintah memotong anggaran kementerian/ lembaga untuk menutup defisit APBN. “Misalnya Kemlu dikurangi Rp 500 miliar, TNI Rp 339 miliar, pada umumnya mereka siap dengan dikurangi antara 1-10 persen. Tidak perlu menaikkan BBM,” katanya kepada majalah detik. Fraksi-fraksi di DPR harus berlomba dengan waktu untuk membahas APBN-P sebelum mendekati tenggang 31 Maret 2012. Lobi-lobi terus dilakukan. Di tengah kondisi itu, ditambah makin meluasnya aksi-aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM, muncul keputusan pemerintah untuk menunda kenaikan tarif dasar listrik (TDL). Komisi VII DPR telah menyetujui keputusan itu. Menteri ESDM Jero Wacik mengakui, ­ pembatalan dilakukan karena mempertimbangkan kondisi ­masyarakat pascakenaikan BBM. “Kita tunda dahulu. Sampai kapan? Sampai kondisi di m ­ asyarakat bisa menyesuaikan terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak, sampai demo-nya sudah tenang,” kata Jero. (WAN/IYE)

Majalah detik 19-25 maret 2012


momen sepekan

Zona Waktu Disatukan

detikfoto

Jajaran Menko Perekonomian sedang menggodok kemungkinan menyatukan zona waktu Indonesia menjadi GMT+8. Menko Perekonomian, Hatta Rajasa menilai ­penyatuan zona waktu ini akan menguntungkan ekonomi ­nasional hingga triliunan rupiah. Penyatuan ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia, karena kegiatan ekonomi bisa dimulai lebih pagi. Saat ini Indonesia terbagi dalam 3 zona waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah, dan Waktu Indonesia Timur. Menurut  Hatta, penyatuan zona waktu Indonesia pernah dikaji di Kementerian Ristek dan Teknologi. Hasilnya menunjukkan penyatuan waktu akan menghemat listrik, biaya transportasi, dsb. (AMI)

Kasus Pencabulan, Habib Diperiksa

H

abib Hasan bin Ja’far Assegaf, Senin 12 Maret 2012 akhirnya diperiksa di Mapolda Metro Jaya, terkait kasus pencabulan yang dituduhkan kepadanya. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, menyatakan Habib Hasan diperiksa sebagai saksi dan belum jadi tersangka. Pemimpin Majelis Nurul Musthofa ini terlihat santai dengan baju batik dan tanpa sorban yang biasa dikenakannya. Dalam pemeriksaan selama 5,5 jam ini, petugas mengajukan 11 pertanyaan terkait kasus pencabulan yang dilaporkan 11 murid laki-lakinya. Namun pertanyaan belum mengarah ke kasus pencabulan. Menanggapi tuduhan yang diarahkan kepadanya, Hasan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib. (EVI)

Feri Tenggelam 105 Tewas Setidaknya 105 orang tewas akibat tenggelamnya Kapal Shariatpur I di perairan Bangladesh, Selasa 13 Maret ­ 2012. Tim SAR memperkirakan jumlah korban masih akan bertambah, karena masih banyak penumpang yang terjebak di

dalam bangkai kapal. 35 penumpang selamat, setelah ditolong kapal feri MV Mitali, yang tengah melintas dekat lokasi kejadian. Sehari setelah kejadian, bangkai kapal langsung dievakuasi ke tepi perairan, untuk memudahkan

pencarian korban. Kapal bertingkat Shariatpur 1 ditabrak kapal lain saat berlayar di perairan Sungai Meghna, di sebelah tenggara Dhaka, ibukota Bangladesh. Saat kejadian kapal mengangkut 200 penumpang. (AMI)

Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

Pergolakan

di Komisi Antikorupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang dilanda gonjang-ganjing. Sejumlah penyidik hendak ditarik ‘paksa’. Protes atas arogansi Ketua KPK Abraham Samad pun menyeruak. Reporter: Irwan Nugroho foto: ramses/detikfoto

A

da yang berbeda di kantor KPK, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 15 Maret 2012 lalu. Kelima pimpinan KPK hadir dan duduk bareng di acara temu muka dengan wartawan. Ini merupakan pemandangan langka sejak mereka dilantik pada 16 Desember 2011. Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

Keakraban pimpinan KPK saat jumpa pers ramses/detikfoto

Sebelum hari itu, hanya Ketua KPK Abraham Samad yang sering tampil solo untuk mengumumkan progres penyidikan. Hal itu sempat menjadi sorotan publik dan anggota DPR di Senayan. Diduga ada masalah di antara Samad dan keempat pimpinan KPK lainnya. Tapi memang, jumpa pers pada Kamis lalu itu, digelar setelah adanya gonjang-ganjing di internal komisi. Masalah itu bermula dari didatanginya ruangan Samad oleh sejumlah penyidik dan pegawai KPK, Senin sebelumnya. Mereka memprotes pengembalian empat personel KPK, terdiri dari tiga penyidik dan seorang jaksa ke institusi masingmasing. Kabarnya, pimpinan KPK selain Samad terbelah menyikapi masalah itu. Namun, saat jumpa pers, mereka terlihat akrab, seolah ingin menunjukkan perpecahan omong kosong. Untuk meyakinkan publik, Samad dan para wakilnya saling “tos”. “Apa muka-muka kami muka penuh konflik?” tanya Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto. *** Ketegangan antara Samad anak buahnya, yang berujung pada pemulangan penyidik dan jaksa itu, Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

Miranda Gultom ramses/detikfoto

sejatinya sudah muncul sejak awal Januari 2012. Masalah yang menjadi pangkal keributan adalah penanganan kasus suap pemilihan DGS BI Miranda Gultom. Menurut versi yang beredar luas, para personel KPK itu dikembalikan karena mulai berani mengutak-atik orang besar di balik kasus Miranda. Namun, versi lainnya menyebutkan, penyidik ditarik karena menolak permintaan Samad yang melanggar prosedur hukum dalam penetapan Miranda sebagai tersangka. Menurut sumber majalah detik, usai mengumumkan nasib Miranda pada 26 Januari 2012 itu, ruangan Samad sudah digeruduk penyidik. Mereka meminta penjelasan tentang langkah main terobos yang diambil pimpinan tertingginya itu. Permintaan juga disampaikan secara tertulis sehari kemudian. Namun, belum juga masalah Miranda selesai, masih menurut sumber itu, Samad kembali melangkahi prosedur dalam penetapan Angie sebagai tersangka kasus Wisma Atlet SEA Games pada 3 Februari. Selain itu, penyidik kasus Miranda yang berjumlah tujuh orang juga diminta Samad menangani kasus Angie. Terang saja para penyidik itu kian kesal dengan arogansi pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 27 November 1966, itu. Mereka pun menolak keras perintah Samad, alias mogok. Maka, tak heran bila Miranda dan Angie belum juga diperiksa hingga kini, tegasnya. Tiga minggu kemudian, muncullah surat penarikan terhadap Kompol Arief Y. Miftah dan jaksa Dwi Aries Sudarto. Lalu, pada 9 Maret 2012, giliran Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

Kompol Hendy F. Kurniawan dan AKP Moch Irwan Susanto yang ditarik ke Mabes Polri. Anehnya, Samad tak meminta penyidik kepolisian ditarik langsung kepada Kapolri. Ada seorang pengusaha besar di Makassar yang disebut-sebut memfasilitasi Samad. Di dalam surat penarikan itu, juga sudah ada nama penyidik pengganti yang dilampirkan. Samad Penyidik dikembalikan kepada institusi asal dengan tiga alasan, mengganti anak buahnya yaitu karena waktu habis, tidak dengan personel dari Polrestabes Makassar independen dan kepentingan tanpa seleksi. Saat promosi dikonfirmasi majalah detik, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Chevy Ahmad membenarkan adanya pemindahan tugas seorang penyidik dari Poltabes Makassar ke KPK itu. “Ada, (namanya) Wahyu Bram,” ucapnya melalui pesan pendek. Penarikan penyidik yang dinilai tidak fair itu menyulut soliditas penyidik kasus di luar Miranda dan Angie, penyelidik, dan para pegawai di KPK. Mereka menghimpun diri dalam organisasi bernama “Wadah Pegawai”. Bila Samad tak memberi penjelasan secara gamblang tentang nasib keempat penyidik itu, maka mereka semua mengancam akan mundur dari KPK. Bambang berupaya meredam semua isu yang berkembang di KPK itu. Ia membantah adanya aksi protes penyidik kepada Samad. Menurutnya, penarikan penyidik maupun jaksa adalah hal yang biasa di KPK. Dahulu pun ada. Penyidik dikembalikan kepada institusi asal dengan tiga alasan, yaitu karena waktu habis, tidak independen dan kepentingan promosi.

Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

Angelina Sondakh ramses/detikfoto

Samad sendiri tak banyak berkomentar mengenai kasus penarikan penyidik. Namun, ia mengaku memang tak menjalin komunikasi langsung dengan Kapolri dan Jaksa Agung dalam hal penarikan anak buahnya. Tentang belum diperiksanya Miranda dan Angie, Samad mengatakan, itu merupakan strategi penyidikan. “Itu adalah masalah strategi, masalah sumber daya manusia yang ada di KPK. Seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali kasus-kasus yang ditangani, sehingga itu perlu kiat-kiat khusus untuk menangani itu,” ucapnya. [WAN/YOG]

Gaya Jenderal dari Timur “Apa hebatnya Abraham Samad, yang hanya seorang anak kampung dari Makassar, mengintervensi Kapolri dan Jaksa Agung?” kata Ketua KPK Abraham Samad. Samad merendah. Sepanjang jumpa pers selama 1,5 jam di Kantor KPK itu, intonasi suaranya datar. Ia juga paling irit berbicara dibandingkan dengan empat pimpinan KPK yang mendampinginya pada Kamis 15 Maret 2012 itu. Sebelumnya, Samad adalah figur pimpinan KPK yang paling dominan, dan kerap tampil di depan pu­blik. Namun, di acara temu muka dengan wartawan itu, ia tak lagi meledak-ledak. Maklum, KPK sedang dilanda gejolak berupa protes penyidik terhadap Samad. Samad adalah pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 27 November 1966. Sejak 1996, peraih gelar doktor dari Universitas Hassanudin ini menekuni profesi sebagai pengacara. Di kota kelahirannya, Samad juga aktif di gerakan antikorupsi dengan mendirikan LSM.

Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

Sebuah lompatan besar terjadi dalam kariernya. Ia terpilih menjadi ketua KPK (2011-2015) dalam fit and proper test yang digelar oleh Komisi III DPR, 2 Desember 2011 lalu. Ia berhasil merebut 43 suara dari 56 suara, dan mengalahkan calon incumbent Busyro Muqoddas. Sebagai pimpinan KPK termuda, semangat Samad (45) paling berkobar-kobar. Sejak seleksi di DPR, ia mengumbar janji untuk mengusut tuntas kasus-kasus besar termasuk kasus Bank Century. Komitmennya pun pernah dinyatakan ketika pertama kali ngantor di KPK. “Gantung koruptor,” katanya saat itu. Namun, tiga bulan berjalan, kepemimpinan Samad langsung tercoreng. Pria berkacamata itu dianggap pimpinan yang arogan dan bertindak sesuai kemauannya sendiri. Samad juga dikenal sebagai pimpinan yang “one man show”. Januari lalu, muncul isu Samad menggebrak meja di depan pimpinan KPK lainnya. Hal itu terkait dengan keinginan Samad untuk menangkap Anas Urba­ningrum dan Andi Mallarangeng, sementara pimpinan lainnya tak setuju. Namun, perpecahan itu langsung dibantah oleh KPK. Belakangan, muncul aksi protes sejumlah penyidik kepada Samad. Protes itu dilayangkan terkait dikembalikannya penyidik KPK ke Kepolisian dan Kejaksaan. Kabarnya, para penyidik itu tak mau menuruti kehendak Samad yang melanggar prosedur hukum dalam pengusutan perkara. Menurut sumber majalah detik, Samad adalah tipe orang yang tak sabaran dan main tabrak Standard Operating Procedure (SOP). Di forumforum rapat, Samad sering menyebut dirinya jenderal, sementara para penyidik kopral. Penyidik harus menuruti apa yang diperintahkannya. Sebuah akun twitter bernama @orangkpk sempat muncul dan membongkar kejelekan Samad di tengah kisruh yang melanda KPK itu. Samad disebut pimpinan KPK yang tak paham kasus dan mengandalkan pim­ pinan KPK Zulkarnaen dan Adnan Pandu Pradja. Samad pun berkomentar singkat menanggapi semua itu. “Menurut saya, itu bertujuan mendiskreditkan sekaligus untuk jangka panjang menjatuhkan, menyingkirkan, dan menendang saya dari KPK,” ucap Samad.

Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

Bersiap Kembali ke

Masa-masa Gelap

Revisi UU KPK menyeruak berbarengan dengan kisruh internal yang melanda lembaga antikorupsi itu. KPK makin gembos. Negara terancam kembali ke masa-masa gelap orde baru.

Reporter: Irwan Nugroho foto: ANTARA/Yudhi Mahatma

R

encana revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali terlontar dari Gedung DPR. Kali ini para wakil rakyat yang duduk di komisi III DPR itu lebih bersemangat. Panitia Kerja (Panja) sudah dibentuk. Studi banding ke luar negeri pun dilakukan. Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

Ketua KPK Abraham Samad (kiri) berdiskusi dengan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (kanan) ANTARA/Yudhi Mahatma

Rombongan pertama, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III (Fraksi Golkar) Aziz Syamsuddin. Mereka terbang ke Prancis, dan menurut kabar mampir juga ke Jerman. Sementara rombongan kedua, dikomandoi oleh Wakil Ketua komisi III lainnya, Tjatur Sapto Edy. Hong Kong dan Korea Selatan menjadi tujuan. Namun, tim itu belum tahu kapan akan menyusul ke luar negeri. “Belum tahu kapan. Itu juga kalau jadi,” ucap politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu kepada majalah detik. Di Senayan, senator komisi III lainnya tak kalah berteriak kencang tentang revisi UU KPK, terutama Benny K. Harman, kader Fraksi Partai Demokrat, yang juga merangkap ketua komisi. Benny ­ mengatakan, UU KPK perlu direvisi untuk menyesuaikan perkembangan yang ada. Juga untuk menguatkan kembali Kejaksaan dan Kepolisian. Tak setengah-setengah, Benny minta k ­ ewenangan penindakan yang selama ini dipunyai KPK dicabut. Sidik-menyidik kasus korupsi dikembalikan ke Kejaksaan dan Kepolisian. KPK nantinya, hanya mengurusi pencegahan korupsi. Apa alasannya? “KPK sukses menyeret koruptor ke dalam penjara, tapi bersamaan dengan itu korupsi merajalela. Dibui satu tumbuh seribu,” ucap Benny. Menurut Benny, dengan menghapus k ­ ewenangan Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

Busyro Muqoddas ari saputra/detikfoto

penindakan itu, bukan berarti DPR ingin 足mengubah KPK menjadi macan ompong. KPK tetap bisa melakukan penindakan, tetapi di sektor yang berpotensi terjadinya korupsi. Pria yang dilaporkan ke Badan Kehormatan DPR karena tetap memiliki kantor pengacara meski sudah menjadi anggota DPR itu tak memberi contoh konkret mengenai usulan itu. Usulan Benny itu selangkah lebih maju dari draf RUU KPK yang disusun para staf ahli di DPR. Di dalam draf, kewenangan KPK memang dipreteli. Penuntutan yang hingga kini ditangani jaksajaksa KPK, dihapus. Namun, untuk penindakan masih dicantumkan. Interogator KPK bertugas menyidik, lalu berkasnya dilimpahkan ke Kejaksaan (pasal 52A). Di dalam pasal 40, disebutkan KPK berwenang mengeluarkan Surat Perintah 足Penghentian Penyidikan (SP3). Jadi, kasus korupsi bisa saja distop penyidikannya dan tersangkanya bebas. Selama ini, begitu kasus naik ke penyidikan, maka tak dapat dihentikan lagi. Mayoritas anggota Komisi III DPR setuju dengan klausul itu. Namun, ada juga yang menolak. Misalnya politikus Gerindra Martin Hutabarat. Bagi Martin, ketiadaan wewenang SP3 selama ini jadi hal yang 足paling ditakutkan koruptor. Maka ia ingin ketentuan itu dipertahankan.

Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

Sejarah negara dan bangsa ini akan mundur kembali ke masa lalu, masa-masa gelap, tatkala korupsi merajalela.

antara

Benny K. Harman

“Biar persidangan yang mengoreksi apakah ­ enyidik benar atau salah?” kata Martin kepada map jalah detik. Namun, Martin sepakat dibentuk Dewan ­Pengawas untuk mengawasi KPK. Klausul ini memang dibuatkan bab khusus dalam RUU itu. KPK perlu diawasi mengingat sampai saat ini hanya kasus korupsi di DPR dan kementerian saja yang ditindak. Padahal, korupsi bisa terjadi di segala lini. DPR belum satu kata mengenai beberapa poin perubahan RUU KPK. Bahkan, rekan separtai Benny, Didi Irawadi Syamsuddin mengingatkan p ­ engurangan wewenang penindakan dan penuntutan, termasuk penerbitan SP3, jelas memperlemah KPK. KPK adalah manifestasi harapan dari reformasi 1998. Bila wewenang KPK dihapus satu per satu, maka sejatinya itu langkah mundur. “Sejarah negara dan bangsa ini akan mundur kembali ke masa lalu, masa-masa gelap, tatkala korupsi merajalela,” tegas Didi kepada majalah detik. KPK menilai revisi UU KPK belum saatnya dilakukan. Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas balik me­ nyindir anggota DPR. Ia berkata, itu hak DPR, khususnya komisi III. Pergi-pergi ke luar negeri itu juga hak mereka.” (WAN/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


Hukum

13 Poin Krusial Revisi UU KPK 1. Penghapusan wewenang penuntutan KPK (pasal 7 huruf a). Pasalpasal yang mengatur penuntutan juga dihapus (pasal 51 dan 52). 2. Kasus korupsi yang ditangani KPK paling sedikit merugikan negara Rp 5 miliar.  Sebelumnya Rp 1 miliar (pasal 11). 3. KPK boleh menyadap, tapi tidak boleh merekam pembicaraan (pasal 12 huruf a) 4. Penyadapan harus minta izin terlebih dahulu kepada pengadilan, kecuali dalam keadaan mendesak. Izin harus dimintakan dalam waktu 1X24 jam sejak penyadapan dimulai. Penyadapan paling lama 3 bulan terhitung sejak dikeluarkannya izin dari pengadilan dan dapat diperpanjang satu kali. (pasal 12 A). 5. KPK diwajibkan menyusun kode etik pimpinan dan pegawai (pasal 15 A). 6. Adanya bab khusus (bab II A) yang mengatur tentang LHKPN. 7. Pimpinan KPK diberhentikan jika melakukan tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap.

Sebelumnya, pimpinan KPK berhenti ketika statusnya menjadi terdakwa (pasal 32 ayat 1 huruf C). 8. Bila ada pimpinan KPK pengganti, maka pimpinan tersebut melanjutkan sisa jabatan pimpinan sebelumnya (pasal 33 ayat 1 A). 9. Adanya bab khusus mengenai Dewan Pengawas KPK (Bab VA). Dewan pengawas bertugas ­mengawasi kinerja KPK. 10. Penyidik yang berasal dari kejaksaan dan kepolisian tidak boleh ditarik kembali sebelum mempunyai masa kerja dua tahun di KPK (pasal 39 ayat 4). 11. KPK berwenang mengeluarkan Surat perintah penghentian penyidikan (SP3). Sebelumnya wewenang ini tidak ada di KPK (pasal 40). 12. Penyidik KPK melimpahkan berkas perkara kepada Kejaksaan dalam waktu 7 hari setelah selesai penyidikan (Pasal 52A). 13. Pasal yang menyebut KPK dapat mengambil alih kasus korupsi sebelum terbentuknya KPK dihapus (pasal 68).

Majalah detik 19-25 maret 2012


kriminal

Anak Rano Karno Terjerat Narkoba

Reporter: Evi Tresnawati

ilustrasi: kiagus

Anak artis sekaligus Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Raka Widyarma (20), ditangkap jajaran Polres dan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta. Barang buktinya 5 butir ekstasi. Raka memesan barang haram itu dari Malaysia. Dari luar negeri? Penasaran bukan? Berikut kisahnya:

Tiga bulan lalu, Raka berlibur ke Malaysia. Di negeri jiran itu, ia berkenalan dengan seorang bandar yang dikenal dengan nama Mr. Tan.

“berapa nomor you?”

“Halo, saya Raka” 0981xxxxx... Saya Tan. Senang bertemu denganmu, Raka,”

hmm...mesen enak nih

Sekembalinya berlibur, hubungan antara Raka dan Mr. Tan terus berlanjut. Mereka berkomunikasi dengan WhatsApp. Raka sendiri belajar WhatsApp dari kenalan barunya itu. HIngga suatu ketika ...

mr. pes tan s mut an eks aya t ub agu asi s ya

selanjutnya Mr. Tan mengirimkan pesanan Raka melalui jasa  pengiriman FedEx. No Jl. P . 4 er 2 B kic Se inta i EB2 kt ro IV or 5. Jaya ,

kirim paket ini ya...

Paket pil itu dikelabui dengan ditimbun dokumen mirip buku dalam sebuah amplop cokelat. Alamatnya pun disamarkan: To Mr. Irwan Imam. Paket itu dikirim bersama dengan tiga paket lain, yang totalnya berisi 341 ekstasi. setibanya di bandara soekarno-hatta .... haaaa...

.tiiit . . . t i i ...t tiiitt

Para petugas itu lantas berkoordinasi dengan Polres Bandara. Lalu, personel gabungan Polres Bandara  dan Polda Metro bergegas menuju ke alamat yang tertera dalam amplop itu.

periksa barang itu!

mari beraksi!!

“Wah, ini obat- obatan terlarang,”

Kurir FedEx juga diikut  sertakan. Bahkan, petugas juga menyamar sebagai kurir FedEx. Di sisi lain, polisi juga bergerak untuk  menelusuri siapa orang asli yang tertera dalam kiriman. Didapatkan nama Raka.

Setibanya di tempat yang dituju, mereka diterima oleh seorang perempuan berinisial KA. KA diduga merupakan kekasih Raka.

kk... o t . . k tok

cari siapa pak???

ada paket untuk irwan imam

Oh tidak ada Pak, tidak ada nama itu di sini.”

ok kalo begitu saya permisi dulu...

“Saya sudah dikuasakan untuk menerima paket  itu,”

Petugas pun pura-pura pergi sambil menanti kesempatan kedua untuk menangkap Raka. Tiba-tiba kantor FedEx ditelepon oleh KA agar mengantar kembali barang itu.

.. tokk. . . k k to

mana raka?

dan tiba-tiba...

KLIK!! Raka sempat mengelak dengan alasan nama yang tertera di amplop itu  bukan namanya. itu bukan nama saya!

Polisi pun tak mau membuang waktu. Akhirnya, mereka merangsek masuk ke dalam rumah dan menangkap  Raka yang berada di rumah tersebut.

sial kita beb...

“Saya sudah cukup marah,”

Raka dan kekasihnya kemudian dibawa ke Polres Bandara. Rano Karno pun mengungkapkan kekecewaan kepada anak angkatnya tersebut. Raka dan kekasihnya dijerat  pasal 112, 113, 114 dan 132 UU Narkotika No. 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman hingga 20 tahun bui.

Majalah detik 19 -25 maret 2012


Gaya Hidup

Masa bulan madu memang menyenangkan. Tapi ada satu penyakit yang mengintai perempuan. Honeymoon Cystitis namanya. Apa itu? Reporter: Ken Yunita Foto: Thinkstock

Majalah detik 19-25 maret 2012


Gaya Hidup

thinkstock

ita kebingungan. Sudah seminggu ini ia menderita anyang-anyangan yang tidak kunjung sembuh. Badan perempuan 27 tahun itu bahkan sedikit demam karenanya. Suami Dita, Kino lantas mengajak istri yang baru dua minggu dinikahinya itu ke dokter. Awalnya Dita menolak, namun setelah sedikit dipaksa mau juga. “Tadinya Dita nggak mau, tapi karena demamnya makin tinggi, akhirnya dia mau juga,” kata Kino saat berbincang dengan majalah detik, Minggu 11 Maret 2012. Setelah diperiksa, dokter menyebut Dita kemungkinan besar terkena ho­ neymoon cystitis. Kino dan Dita kaget. Mereka berdua baru mendengar soal penyakit itu. “Ternyata honeymoon itu ada penyakitnya juga ya,” kata Kino sambil tersenyum penuh arti. Pengalaman serupa juga pernah dirasakan oleh Zhi. Perempuan yang kini telah memiliki dua anak itu juga sempat ‘tersiksa’ oleh anyang-anyangan yang tak kunjung sembuh. Bahkan lebih lama dari Dita. Hampir sebulan, Zhi merasa kesakitan. Bahkan Zhi sempat menyalahkan suaminya karena rasa sakit itu. “Dulu saya sempat berantem dengan suami, saya sampai takut berhubungan badan. Takut makin sakit,” kata Zhi. Saat itu, perempuan 30 tahun itu juga baru saja menikah. Setelah memeriksakan diri ke dokter dan tes laboratorium, ternyata Zhi memang terkena penyakit honeymoon, sama seperti Dita. Setelah diberi anti-

Majalah detik 19-25 maret 2012


Gaya Hidup

thinkstock

biotik, anyang-anyangan Zhi pun sembuh. Dokter Ahli Penyakit Dalam RSCM Dr. Ari Fakhrial Syam menyebutkan, honeymoon cystitis ini sebe­ narnya sama seperti infeksi saluran kecing. Hanya saja, biasanya, infeksi ini menyerang mereka yang sedang dalam masa bulan madu. Seringnya, honeymoon cystitis menyerang kaum perempuan. Hal itu karena jarak muara uretra ­dengan kandung kencing sangat dekat. “Jadi kalau ada kuman atau bakteri, itu bisa gampang naik ke atas, lalu bisa terjadi infeksi,” kata Dr. Ari. Menurutnya, pada infeksi ini masa-masa bulan madu, menyerang biasanya pengantin baru mereka sering sekali melakuyang sedang kan hubungan intim. Karena saking seringnya, dalam masa ­pasangan itu biasanya lupa bulan madu untuk menjaga kebersihan daerah intimnya. “Jadi kan kalau ­pengantin baru itu suka (berhubungan intim) berkali-kali dan kurang menjaga kebersihan. Jadi ­banyak yang kena, mayoritas pengantin baru itu pernah ­mengalami hal ini,” kata Dr. Ari.

Meski sebenarnya mudah disembuhkan, honeymoon cystitis tidak boleh dianggap remah. Karena jika dibiarkan berlarut-larut tanpa pengobatan, penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Seperti yang terjadi pada Cherry Healy. Seperti Majalah detik 19-25 maret 2012


Gaya Hidup

dilansir Daily Mail, wanita asal London, Inggris ini harus mengalami kerusakan ginjal permanen gara-gara mengabaikan infeksi kandung kemih yang dideritanya. Sebelumnya, Healy mengalami gejala anyanganyangan selama beberapa minggu. Namun dia sama sekali tidak pergi ke dokter untuk memeriksakan diri. “Kalau infeksi didiamkan dan terjadi berulangulang, memang bisa naik ke atas dan ginjal menjadi terinfeksi, bisa jadi nanti lama-lama gagal ginjal. Makanya kalau memang ada gejala infeksi sebaiknya periksa ke dokter,� kata Dr. Ari.

80 Persen pengantin baru mengalami honeymoon cystitis. Namun ada sedikit tips yang bisa membantu agar penyakit ini tidak muncul. Cekidot! Tap untuk melihat tulisan

Banyak Minum Para perempuan memang punya kecenderungan kurang minum air putih. Nah di masa-masa ini, ingatlah agar sering-sering ­mengonsumsi air putih sebanyak mungkin. Air putih bisa membantu membersihkan saluran kencing dari kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

foto-foto: thinkstock

Majalah detik 19-25 maret 2012


people

AA Gym & Teh Ninih Nikah lagi Reporter: Tya Eka Yulianti Foto: detikfoto

A

da kabar bahagia dari ustaz yang dulu begitu populer, Abdullah Gymnastiar. Setelah sempat bercerai dari Ninih Muthmainah pada Juni 2011 lalu, kini keduanya memutuskan kembali bersama. Kerabat dekat Teh Ninih, Dita, mengatakan pasangan yang telah dikaruniai tujuh anak itu telah menikah kembali di kawasan Sariwangi Kabupaten Bandung Barat pada 13 Maret 2012. Tempat akad nikah itu di

rumah baru Teh Ninih. “Iya alhamdulillah,� kata seorang santri Daarut Tauhid (DT). Setelah mengucapkan ijab kabul pukul 08.00 WIB, pasangan itu lantas mengadakan syukuran atas peristiwa bahagia itu di pondok pesantren tersebut. Keputusan AA Gym dan Teh Ninih ini rupanya membawa angin sejuk untuk para tetangga dan santri DT. Mereka berharap, dengan bersatunya pasangan yang sempat cerai itu, DT kembali ramai dikunjungi jemaah. (KEN/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


people

Asmirandah:

Belum

Yakin Jadi

Majalah detik 19-25 maret 2012


people

A

smirandah telah melebarkan sayap ke dunia tarik suara sejak 2011. Kini Andah, demikian dia biasa disapa, malah sudah menyanyi solo dengan lagu ciptaannya sendiri. Namun ternyata, ia masih belum tahu ­apakah akan melanjutkan karier musiknya atau tidak. Mengapa? Apa karena kurang laku? Entahlah. Andah tidak menjelaskan dengan detail. Namun menurutnya, hal itu karena hingga saat ini dia belum merasa menjadi seorang penyanyi adalah profesinya. “Karena aku nggak mau ganti profesi. Profesi aku kan bukan penyanyi, sebagai pemain. Cuma ke ­depannya kita kan nggak tahu seperti apa,” kata Andah saat ditemui usai mengisi acara ‘DahSyat’ di Studio RCTI, Jakarta Barat, Senin 12 Maret 2012. Meski begitu, Andah akan meneruskan hobinya menulis lagu. Walaupun nantinya tidak akan dinyanyikan sendiri, gadis kelahiran 5 Oktober 1989 itu berharap, lagu-lagu ciptaannya bisa dinyanyikan oleh orang lain dan bisa melejit. Hobi menulis lagu dimiliki pesinetron cantik itu sejak cukup lama. Tema-tema tentang cinta masih menjadi kesukaan mantan pacar Dude Herlino itu. “Kalau bikin lagunya saja cuma nadanya saja kadang sejam juga selesai, tapi kadang butuh sebulan. Tergantung mood-nya,” katanya. Sebelum menyanyi solo seperti sekarang, artis keturunan Belanda itu sudah beberapa kali berduet. Pertama kali, Andah didaulat untuk menjadi ‘teman’ menyanyi band Robin Hood dengan lagu ‘Salahkah Kita’. Setelah itu dia menggaet Dude untuk menyanyikan lagu ‘Bunga-bunga Cinta’. (Ken/Yog) Majalah detik 19-25 maret 2012


people

aik b r e T s i l a Vok a s a M g n a Sepanj Reporter:Ken Yunita Foto: reuters

Tap pada gambar untuk mendengarkan lagu Songbird-Liam Gallagher

V

okalis terbaik? “Sebenarnya saya tahu itu!� Begitu komentar Liam Gallagher saat mendengar dirinya dinobatkan menjadi vokalis terbaik sepanjang masa mengalahkan Freedie Mercury dan vokalis-vokalis beken lainnya. Kedengarannya sombong memang. Tapi begitulah sikap pria kelahiran Burnage, M ­ anchester, 21 September 1972 ini. Mantan vokalis Oasis itu memang terkenal bicara blak-blakan dan omong beMajalah detik 19-25 maret 2012 Majalah detik 19-25 maret 2012


people

sar. Perilakunya sering menjadi pemberitaan media massa. Meski begitu, penyanyi yang kini membentuk band yang banyak beranggotakan mantan Oasis bernama Beady Eye ini berterima kasih kepada pendengar XFM yang telah memilihnya. Pemilik nama lengkap William John Paul Gallagher itu merasa tersanjung. “Tak banyak vokalis terbaik di antara kita. Ba­nyak orang yang hanya berpura-pura di luar sana, tapi saya berterima kasih telah memilih dan sebagainya. Menyenangkan,” ujarnya seperti dilansir NME, Senin 12 Maret 2012. Liam tak hanya tahu suaranya keren. Pria yang hobi berkacamata hitam itu juga sadar memiliki wajah menawan sehingga pantas menjadi seorang vokalis yang tampil paling depan saat band manggung. “Ini selalu tentang suara saya. Jika kamu orang yang tampan seperti saya, kamu harus berada di depan, iya kan?” ujar bapak dua anak yang juga jago mendesain baju ini. Polling yang digelar XFM memang menempatkan Liam di posisi satu untuk vokalis terbaik. Dia mengalahkan Freddie Mercury yang nangkring di urutan dua. Lima besar hasil polling tersebut adalah vokalis Depeche Mode Graham, vokalis Foo Fighters Dave Grohl, dan vokalis Muse Matt Bellamy. (KEN/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


internasional

Jalan Kedua Horta Tanpa Xanana

REUTERS/Beawiharta

Timor Leste menggelar pemilu presiden. Jose Ramos Horta calon terkuat. Ia maju tanpa dukungan CNRT, partai yang dipimpin Xanana Gusmao. Kekerasan membayang. Reporter: Isfari Hikmat

H

ari masih pagi. Udara kering Pulau Timor menjadi saksi saat ribuan rakyat Timor Leste kembali memilih presiden m 足 ereka. Tercatat ada 12 calon yang bertarung. 足Petahana Jose Ramos Horta disebut-sebut sebagai calon terkuat. Penantang Horta datang dari dua calon dari oposisi Fretilin, yakni Fransisco Guterres alias Lu Olo dan Majalah detik 19-25 maret 2012


internasional

Pendukung Taur Matan Ruak hadiri kampanye REUTERS/Lirio Da Fonseca

Taur Matan Ruak. Kekerasan masih membayangi pemilu kali ini. Menjelang pemilu, sejumlah insiden pecah. T 足 erakhir adalah pelemparan bom molotov ke dua kantor 足penyelenggara pemilu Timor Leste pada 20 Februari 2012. Kekhawatiran teror berdarah yang pernah menyasar Ramos Horta pada Februari 2008 pun membayang. Saat berkunjung ke markas PBB pekan lalu, Horta mengingatkan serangan seperti ini sangat mungkin terjadi. Horta gusar dengan riuhnya pilpres kali ini. Sebanyak 13 calon dari 24 partai akan meramaikan pesta demokrasi negeri berpenduduk 1,1 juta jiwa ini. Padahal Amerika Serikat yang berpenduduk 300 juta, hanya memiliki dua partai. Horta juga berkaca pada Indonesia, negeri berpenduduk 250 juta jiwa yang hanya memiliki 11 partai di parlemen. Horta kembali dijagokan memimpin eks provinsi ke-27 Indonesia ini. Sepak terjangnya semasa perjuangan melambungkan reputasinya. Dukungan terhadap Horta yang meraih nobel perdamaian tahun 1996 ini umumnya datang dari kota Dili, Liquica dan Manatuto. Dukungan mereka terlihat dalam acara janji pemulihan nasional dari pertikaian faksi di halaman sebuah gereja di Dili. Sekitar 9000 orang yang hadir saat itu mendukung Horta untuk kembali maju sebagai calon presiden. Horta masih diharap mampu mengangkat Republik Demokratik Timor Leste keMajalah detik 19-25 maret 2012


internasional

Poster Presiden Timor Leste Ramos-Horta, yang kembali mencalonkan diri. REUTERS/Beawiharta

luar dari kemiskinan dan konflik horizontal. Sayangnya, dukungan partai CNRT (Congress National for Reconstruction of East Timor atau ­Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor Timur) yang mengantarkannya menjadi presiden 2007, menyurut. Menjelang pemilu, dukungan partai pimpinan Xanana Gusmao ini dialihkan kepada Taur Matan Ruak. “Sejak sekarang seterusnya, dukungan politik resmi partai CNRT untuk tuan Taur Matan Ruak. Ini adalah yang kami putuskan bersama,” ujar  Sekjen Partai CNRT Dionisio Babo Soares tanpa menjelaskan alasan keputusan ini. Selain isu korupsi dan ­penyalahgunaan wewenang, kepemimpinan Horta dianggap kurang berhasil. Negeri dengan 13 provinsi ini masih berkutat dengan kemiskinan dan minimnya infrastruktur sejak lepas dari Indonesia 20 Mei 2002 lalu. Tanpa dukungan CNRT, Horta dirasa akan sulit bersaing. “Sebagian besar, pemilih cenderung loyal ke partai. Jika CNRT meminta dukungan untuk calonnya, mereka tentu akan melakukannya,” kata Damien Kingsbury dari Universitas Deakin, Melbourne, Australia. Penantang kuat Horta, Matan Ruak berlatar belakang militer. Selain Ruak, Fernando Lasama de Araujo dan Francisco Guteres dari partai Fretilin akan meramaikan pesta lima tahunan ini. Satu calon kuat lainnya, Amaral meninggal pekan lalu. Tokoh pejuang Falintil, sayap militer partai Fretilin ini per-

Majalah detik 19-25 maret 2012


internasional

Pendukung Taur Matan Ruak REUTERS/Lirio Da Fonseca

nah ditangkap dan diadili di Bali. Dukungan untuk Amaral diperkirakan akan mengalir ke Francisco “Lu Olo” Guterres. “Dia tokoh politik sejati, berjuang untuk keadilan dan kemerdekaan sepanjang hidupnya. Untuk tujuan ini, demokrasi dan hak rakyat Timor Timur jadi bagian kampanye kepresidenannya,” puji Guterres. Penarikan dukungan CNRT bagi Horta dikhawatirkan memicu konflik di kalangan ‘akar rumput’, terlebih proses demokrasi di negeri Lorosae masih seumur jagung. Dalam proses pendewasaan tersebut sejumlah konflik horizontal rentan terjadi. Akibat kondisi yang mengkhawatirkan ini, Dewan Keamanan PBB memperpanjang tugas pasukannya di Dili. Rencananya pasukan PBB, baru akan ditarik usai hajatan pemilihan parlemen, Juni 2012. “Kami butuh dan menginginkan ­kemitraan ­internasional yang didukung oleh PBB,” kata Horta, saat memaparkan politik luar ­negerinya di hadapan 15 negara anggota DK PBB Februari lalu. Mengantisipasi kemungkinan rusuh saat pemilu, Kedutaan Besar RI telah menyiapkan sejumlah titik evakuasi termasuk jalur evakuasi melalui bandara Timor Leste dengan menggunakan pesawat milik TNI. Jalur penyeberangan RI-Timor Leste di Motaain dan Metamauk, juga disiapkan. Saat ini tercatat 5.774 WNI yang bermukim di kota Dili dan berbagai distrik di Timor Leste.  (AFP/Reuters/ami)

Majalah detik 19-25 maret 2012


internasional

Capres Timor Leste 1. José Ramos-Horta (63 tahun).

Menjabat presiden sejak 2007, setelah sebelumnya menjabat sebagai menteri luar negeri dan perdana menteri. Ramos Horta memimpin upaya diplomatik dalam perjuangan kemerdekaan Timor Leste. Selamat dari percobaan pembunuhan pada 2008.

 

2. Francisco Guterres alias Lu Olo (58 tahun)

Bergabung dengan ASDT yang kemudian berganti nama menjadi Fretilin pada 1974. Terpilih menjadi Presiden Fretilin pada 2001 hingga sekarang. Pernah menjabat sebagai ketua Parlemen pada 20012002. Pada Pilpres 2007 kalah dari Ramos Horta pada putaran kedua. Bersaing keras dengan Taur Matan Ruak untuk meraih dukungan dari anggota Fretilin.  

3. José Maria de Vasconcelos alias Taur Matan Ruak (56 tahun)

Bergabung dengan Falintil pada 1975 dan diangkat menjadi komandan pada 1998. Dikenal sangat dekat dengan Fretilin dan banyak mendapat dukungan dari veteran Falintil.

 

4. José Luis Guterres alias Lugo  (56 tahun)

Pernah menjabat sebagai wakil menteri bidang sosial sejak 2007. Sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar untuk PBB. Ia dikenal sebagai pemimpin kelompok penentang Alkatiri .

 

5. Abílio de Araújo

Mantan pemimpin Fretilin di pengasingan.  

6.    Lucas da Costa

Calon independen.

Xanana Gusmao

Majalah detik 19-25 maret 2012


ekonomi

Rekening Gendut, Pajak Mengkerut Di tengah ramainya pengungkapan rekening gendut milik staf Ditjen Pajak, ternyata Ditjen Pajak tidak mampu memenuhi target. Wajib Pajak pun disalahkan. Reporter: Monique Shintami Foto: stock.xchng

Majalah detik 19-25 maret 2012


ekonomi

I

Wajib pajak mengembalikan formulir SPT 21 (detikfoto)

ni sebuah ironi. Saat ribuan orang direpotkan dengan ritual pengembalian formulir SPT 21, mantan staf Ditjen Pajak Dhana Widyatmika harus bolak-balik ke Kejagung untuk menjalani pemeriksaan terkait rekening puluhan miliar rupiah miliknya. Di pekan yang sama, media juga ramai memberitakan penemuan rekening gendut milik tiga ‘kolega’ Dhana. Pada saat hampir bersamaan pula diungkap r­ealisasi penerimaan pajak yang tidak memenuhi target. Data yang dirilis Ditjen Pajak menyebutkan, realisasi penerimaan pajak pada 2011, mencapai Rp 872,6 triliun, tidak memenuhi target yang sebesar Rp 878,7 triliun. Namun Ditjen Pajak tetap bersikeras penerimaan pajak 2011 naik sebesar Rp 149,3 triliun atau tumbuh 20% dibanding 2010.  Dari keseluruhan, p ­encapaian penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah yang paling rendah. Realisasi penerimaan PPN tahun 2011, 8 persen lebih rendah dari target yang ditetapkan APBN Perubahan (APBNP) 2011. Namun nilainya tetap masih lebih besar ­dibanding 2010. Pada 2010, realisasi penerimaan PPN mencapai Rp 230 triliun atau 87,7 persen dari target sebesar Rp 263 triliun. Sedangkan pada 2011, realisasinya mencapai Rp 277 triliun atau 92,8 persen dari target Rp 296,4 triliun. “Tingkat kepatuhan sebagian wajib pajak masih rendah, selain itu masih banyak transaksi yang tiMajalah detik 19-25 maret 2012


ekonomi

Fuad Rahmany (antara)

dak tercatat,” ujar Dirjen Pajak, Fuad Rahmany memberi alasan, sambil menambahkan transaksi tidak tercatat ini terutama terjadi pada pengecer. Jadi dalam waktu dekat, petugas pajak akan m ­ enyasar para pengecer. Entah ­mengapa Ditjen Pajak hanya menyasar pembayar pajak mini, bukannya p ­engusaha yang omzetnya ratusan ­miliar rupiah. Padahal jika melihat rasio kepatuhan wajib pajak badan, hanya mencapai 32,72% dari total 1,59 juta perusahaan. Jauh di bawah kepatuhan wajib pajak perorangan yang mencapai 54,72%. Secara keseluruhan rasio kepatuhan wajib pajak pada 2011 menurun dibanding 2010, yakni 52,74% dari total 17,69 juta wajib pajak. Padahal di tahun 2010 kepatuhan wajib pajak mencapai 58,16%. Namun Rahmany menampik turunnya kepatuhan wajib pajak disebabkan maraknya kasus penggelapan pajak. “Jangan menjadikan kasus dugaan penggelapan pajak sebagai alasan menghindari kewajiban terhadap negara,” tukasnya. Ia menegaskan tidak satu pun karyawan Ditjen Pajak yang dapat mengambil setoran pajak. Rahmany bahkan mengklaim praktek penggelapan pajak secara sistemik sudah tak ada lagi. “Hanya grup kecil saja, ungkapan setor ke bos-bos sudah tak ada lagi,” cetusnya. Sementara pengamat pajak dari Danny DarusMajalah detik 19-25 maret 2012


ekonomi

Sosialisasi pajak (detikfoto)

salam Tax Centre, Darussalam mengatakan secara psikologis, terungkapnya kasus rekening mencurigakan milik sejumlah staf Ditjen Pajak secara tidak langsung akan memengaruhi kepatuhan wajib pajak. “Namun ini tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak memenuhi kewajiban kepada negara,’ ujarnya. Darussalam juga tidak sepakat jika kasus Gayus Cs, menjadi satu-satunya penyebab turunnya kesadaran membayar pajak. Bisa saja, ujarnya, usaha para wajib pajak itu mengalami kemunduran sehingga mereka tidak bisa membayar pajak. Darussalam juga melihat banyaknya tunggakan sengketa pajak, rawan terjadi ­penyimpangan. Tunggakan sengketa pajak tahun 2009 ­sebanyak 9.400 kasus. 2010 naik menjadi 10 ribu. 2011 mencapai belasan ribu. “Selama proses sengketa di pengadilan pajak, rawan terjadi kompromi di antara para pemangku ­kepentingan. Ujung-ujungnya adalah suap atau korupsi,” ujarnya. Humas Ditjen Pajak Dedi Rudaedi, tidak memungkiri adanya ‘kompromi’ antara staf Ditjen Pajak dengan wajib pajak bermasalah. Namun menurut Dedi, jika memang ini terjadi maka sanksi harus dijatuhkan kepada kedua belah pihak. Tidak bisa hanya ditimpakan ke staf Ditjen Pajak saja. (AMI/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


bisnis

Ternyata CEO Asing Tak Dilarang Menakertrans menerbitkan aturan baru yang mengatur penempatan tenaga kerja asing di Indonesia. Sempat diprotes karena ada salah tafsir soal CEO. Reporter: Monique Shintami Ilustrasi: Kiagoes Auliansyah

Majalah detik 12-18 19-25 maret 2012


bisnis

D

Tenaga kerja asing di Indonesia dikhy s/detikfoto

unia usaha sempat geger awal pekan ini. Penyebabnya, Menakertrans Muhaimin Iskandar diberitakan mengeluarkan peraturan yang melarang keberadaan CEO asing di Indonesia. Kebijakan ini sempat direspons negatif, karena dinilai akan mengganggu iklim investasi asing di Indonesia. “Setiap investor pasti ingin memasang orang kepercayaannya untuk menjamin kelangsungan usaha mereka. Kalau itu dilarang, itu terlalu mengadaada,” ujar Wakil Ketua Kadin Suharyadi BS Sukamdani, kepada majalah detik. Namun, usut punya usut Kepmenakertrans No. 40/2012, yang diteken akhir Februari itu ternyata hanya m ­ elarang tenaga kerja asing menduduki sejumlah jabatan di jajaran personalia. Istilah CEO yang sempat marak beredar ternyata bersumber dari salah penafsiran istilah ‘kepala eksekutif kantor’. Kepmen ini sebenarnya merujuk pada kepala kantor bidang dan bukan posisi CEO atau bagian top manajemen. Aturan ini bersandar pada pasal 46 UU Ketenagakerjaan No. 13/2003, yang melarang tenaga kerja asing menduduki jabatan yang mengurusi personalia dan jabatan tertentu. “Kepmen ini untuk mengantisipasi globalisasi sektor jasa atau sektor tenaga kerja dalam 5-10 taMajalah detik 19-25 maret 2012


bisnis

TKA dilarang tangani SDM dikhy s/detikfoto

hun mendatang,� ujar Cak Imin, Senin 12 Maret 2012, di sela Rapat Kerja dengan DPR. Aturan baru ini diterbitkan, karena selama ini banyak perusahaan yang masih menggunakan tenaga asing, padahal posisi itu mestinya sudah bisa diisi tenaga lokal. Apalagi posisi ini masuk level tiga (menengah) dalam manajemen yang bisa diisi oleh tenaga kerja Indonesia. Selain itu, tambah Cak Imin, yang paling tahu hukum dan budaya masyarakat Indonesia adalah orang Indonesia, sehingga tidak pas jika urusan ketenagakerjaan diserahkan kepada tenaga asing. Dalam Kepmenakertrans ini, jabatan yang tidak boleh diisi tenaga kerja a ­sing adalah direktur personalia, manajer hubungan industrial, manajer personalia. Level supervisor yang tidak boleh diisi tenaga asing adalah supervisor pengembangan personalia, perekrutan personalia, penempatan personalia, serta pembinaan karier pegawai. Sedangkan di luar personalia, tenaga asing tidak diizinkan ditempatkan di posisi kepala cabang (branch manager). “Untuk posisi lain, tak tertutup kemungkinan akan keluar aturan baru jika memang dibutuhkan,� ujar Muhaimin. Kepmenakertrans ini dinilai akan memperkecil peluang gemuknya tenaga kerja asing di sebuah peMajalah detik 19-25 maret 2012


bisnis

TKA asal India diperkirakan akan serbu Indonesia dikhy s/detikfoto

rusahaan. Namun Suharyadi menilai jika tujuannya untuk melindungi tenaga lokal menghadapi Pasar Tunggal ASEAN pada 2015, aturan ini dinilai tak cukup. Bahkan aturan ini bertentangan dengan ­kesepakatan sesama negara ASEAN untuk menghapus batas negara dalam pasar tenaga kerja. “Kemenakertrnas juga harus meningkatkan kompetensi tenaga kerja terdidik,� tegasnya. Peningkatan kemampuan memang mutlak dilakukan, menyambut Pasar Tunggal ASEAN pada 2015. Indonesia diperkirakan akan diserbu tenaga kerja asing, sehingga jika tidak dipersiapkan dari sekarang tenaga lokal akan terdesak. Dari data Kemenakertrans, jumlah tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia tercatat ada 77.300 orang. Sebagian besar pekerja asing di Indonesia berasal dari Cina (16.149 orang), Jepang (10.927), Korsel (6.520), India (4.991), Malaysia (4.957), Amerika Serikat (4.425), Thailand (3.868), Australia (3.828), Philippina (3.820). Sedangkan jika dilihat dari jabatan, sebagian besar tenaga kerja asing itu merupakan profesional (34.763 orang), advisor/konsultan(12.761), manajer (12.505 orang), Direksi (6.511), teknisi (5.276 orang) sedangkan sisanya terdiri, supervisor (4.746) dan Majalah detik 19-25 maret 2012


bisnis

Posisi yang dilarang diduduki Tenaga Kerja Asing.

sumber:Kemenakertrans

komisaris (738 orang). Untuk mengendalikan jumlah tenaga kerja asing pemerintah mempertimbangkan sejumlah aspek, diantaranya asas manfaat. “Penggunaan tenaga kerja asing mendorong pembukaan lapangan kerja yang luas terutama bagi pekerja lokal,� papar Sekjen Kemenakertrans, Muchtar Lutfhie. Pertimbangan lainnya adalah masuknya tenaga kerja asing harus memberi nilai tambah dalam pengembangan kualitas SDM lokal. Atau dalam kata lain terjadi alih keterampilan dan alih teknologi. Perusahaan yang menggunakan tenaga kerja asing diwajibkan menempatkan tenaga pendamping, sehingga paling lama dalam waktu 5-10 tahun sudah terjadi transfer teknologi. Sayang aturan ini tidak sepenuhnya berjalan. (AMI) 1 Direktur Personalia 2 Manajer Hubungan Industrial 3 Manajer Personalia 4 Supervisor Pengembangan Personalia 5 Supervisor Perekrutan Personalia 6 Supervisor Penempatan Personalia 7 Supervisor Pembinaan Karier Pegawai 8 Penata Usaha Personalia 9 Kepala Eksekutif Kantor 10 Ahli Pengembangan Personalia dan Karier 11 Spesialis Personalia 12 Penasehat Karier 13 Penasehat Tenaga Kerja 14 Pembimbing dan Konseling Jabatan 15 Perantara Tenaga Kerja 16 Pengadministrasi Pelatihan Pegawai 17 Pewawancara Pegawai 18 Analis Jabatan 19 Penyelenggara Keselamatan Kerja Pegawai

Majalah detik 19-25 maret 2012


interview

Hendri Saparini:

Manajemen BBM Sangat Buruk Pertengahan Februari ada Perpres 15/2012 yang menyatakan BBM tidak naik. Tapi akhir Februari minta DPR menyetujui kenaikan. Jelas sekali perencanaan kebijakan kenaikan BBM sangat terburu-buru. Reporter: Monique Shintami

Majalah detik 19-25 maret 2012


interview

S

Dari sini saja sudah kelihatan ini bukan kebijakan yang direncanakan dengan baik.

ubsidi BBM akan dikurangi, dan harga BBM akan naik pada 1 April. Kenaikan har­ ga BBM tentu memberatkan masyarakat, karena inflasi yang ditimbulkan belum tentu sesuai dengan kenaikan pendapatan masyarakat. Pada 17 Februari, Presiden menandatangani Per­ pres No. 15 Tahun 2012 yang menetapkan tidak akan ada kenaikan BBM. Tapi seminggu kemudian me­­ng­ ajukan APBNP kepada DPR untuk menaikkan harga BBM. “Dari sini saja sudah kelihatan ini bukan kebijakan yang direncanakan dengan baik,” ujar pengamat eko­ nomi sekaligus Direktur Eksekutif Econit Hendri Sa­ parini. Berikut petikan wawancara Monique Shintami dari majalah detik dengan Hendri Saparini: Apa pendapat Anda tentang rencana pemerintah menaikkan harga BBM? Sebagai sebuah kebijakan publik, manajemen kenaikan harga BBM kali ini sangat buruk. Pengelo­ laan komunikasi sangat strategis seperti BBM tidak di-manage dengan baik. Awal tahun bicara tentang pembatasan BBM, pertengahan Februari ada Per­ pres 15/2012 yang menyatakan tidak naik, tapi kok akhir Februari minta DPR menyetujui kenaikan.   Dengan kronologi ini, jelas sekali bahwa pe­ rencanaan kebijakan kenaikan harga BBM sangat terburu-buru, sehingga perencanaan kebijakan sa­ ­ ngat lemah. Solusi tetap hanya BLSM (Bantu­ an Langsung Sementara Masyarakat), raskin, dan trans­por­­­t­a­si yang efektivitas dan implementasinya pun masih sangat dipertanyakan. Bagaimana pendapat Anda mengenai kompenMajalah detik 19-25 maret 2012


interview

sasi kepada masyarakat miskin terkait kenaikan harga BBM? Saya ambil gambaran, BLSM itu diberikan untuk 18,5 juta keluarga. Kalau kita kalikan satu keluarga itu 4,1 orang, berarti sekitar 70-75 juta masyarakat yang akan terkena kompensasi tadi. Nah di manakah 75 juta orang itu? Orang yang be­ rada di bawah garis kemiskinan ada 30 juta. Kemu­ dian yang pengeluarannya itu 1,5 kali garis kemiski­ nan, itu 62 juta. Artinya untuk orang yang 1,5 garis kemiskinan ke bawah, jumlahnya 92 juta. Sementara kompensasi tadi, yang diberikan hanya untuk 75-an juta. Artinya memberikan kompensasi kepada orang yang sangat miskin pun tidak cukup. Dari sisi inflasi, dikatakan hanya menambah 2 persen. Ini kan inflasi umum, sementara inflasi yang dihadapi oleh masyarakat itu tidak sama. BPS dan ADP pernah melakukan survei bahwa orang miskin itu merasakan inflasi 2-3 kali lipat. Jadi ini dua indi­ kator yang disimplifikasi. Apakah BLT akan bisa menutup kebutuhan masyarakat? Itu yang harus kita tanyakan ke pemerintah. Ta­ hun 2005 ada BLT sebesar Rp 100 ribu. Kemudian apakah benar dengan adanya inflasi dan sebagai­nya, sekarang besarannya adalah Rp 150 ribu untuk kom­ pensasi? Itu harus ada perhitungan yang jelas. Ka­ lau ditanyakan apakah lebih baik? Sampai sembilan bulan, kemungkinan akan lebih baik, daripada tidak. Tapi setelah itu tidak ada yang jamin mereka dapat menanggung harga-harga yang sudah naik. Karena itu saya tidak sepakat. Menurut Anda, bagaimana cara mengatasi ini? Kembali ke ideologi, bicara Indonesia, maka

Majalah detik 19-25 maret 2012


interview

Sekarang subsidi BBM itu dikonsumsi orang miskin, karena 69 persen dikonsumsi sepeda motor.

nega­ ra wajib memenuhi kebutuhan dasar. Energi termasuk dalam kebutuhan dasar, artinya sela­ ma ­ masyarakat belum bisa memenuhi kebutuhan dasarnya, maka dia harus mendapat subsidi, kom­ pensasi dari p ­ emerintah. Sekarang subsidi BBM itu dikonsumsi orang miskin, karena 69 persen dikon­ sumsi sepeda motor. Di negara maju subsidi itu untuk transportasi publik. Tapi kita kan tidak punya trans­ portasi publik, jadi di mana subsidi untuk menekan ongkos transport? Ya pasti di BBM-nya. Jadi lebih baik jika pemerintah memperbaiki transportasi umum? Memang harusnya seperti itu. Kenaikan harga BBM ini tidak akan sustainable sebagai kebijakan, karena konsumsi akan naik selama sepeda motor masih diperbolehkan, dan tidak dibatasi. Bisa jadi tahun depan subsidi BBM akan kembali naik. Ya bisa jadi, lha wong konsumsinya naik kok. Kalau be­ gitu urutannya diperbaiki, perbaiki angkutan publik dulu, baru kemudian naikkan harga energi, sehingga mere­ka beralih. Bagaimana dengan BLT berupa transportasi dan pendidikan? Bantuan transportasi yang seperti apa? Misalkan bantuan transportasi bus sekolah. Sekarang berapa banyak anak sekolah yang menggunakan bus seko­ lah? Bus sekolahnya ada berapa? Ada di berapa kota? Itu kan idenya bagus, tapi persyaratannya banyak. Selain itu, kendaraan umum, kendaraan umum yang mana? Karena yang disebut transportasi publik di Indonesia adalah transportasi massal yang dikelola swasta, sehingga yang menjadi pertimbangan adalah untung rugi. Kemudian untuk bantuan operasional sekolah, Majalah detik 19-25 maret 2012


interview

saat ini anggaran itu sudah sangat besar, bahkan sampai tidak habis, makanya dibuat dana abadi pen足 didikan. Jadi bagaimana dimasukkan lagi anggaran pendidikan, tetapi tidak ada mekanisme yang jamin setiap anak sekolah itu akan dapat. Apa dampak kenaikan BBM terhadap sektor industri? Saya yakin kenaikan harga BBM ini berefek pada biaya transportasi. Biaya transportasi ini kan hanya beberapa persen. Jangan lupa sekarang ini kendaraan transportasi bukan hanya menggunakan plat ku足ning. Plat hitam putih pun digunakan untuk 足transportasi. Untuk UKM, mobil itu digunakan un足 tuk kegiatan rumah tangga dan kegiatan ekonomi. Bagaimana daya saing mereka tidak akan merosot? (SIL/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


wkwkwk

i r e t n e m ksi 3 i e d s e y kom Cadd &

Reporter: Ken Yunita Illustrasi: Kiagus

Selembar foto membuat ribut anggota DPR dan para menteri. Foto itu adalah pose 3 menteri bersama para caddy seksi. Kok bisa? Majalah detik 19-25 maret 2012


wkwkwk

I

Ketiga menteri itu berdiri berjejer biasa saja sambil tersenyum. Di samping kanan dan kiri mereka berdiri 10 caddy.

ni kisah komedi tentang foto tiga menteri dengan para caddy seksi. Selembar foto yang mungkin saja ‘biasa-biasa saja’ itu telah membuat geger. Alkisah, pada Minggu, 11 Maret 2012, ada tiga menteri melakukan Sosialisasi Program Keselamatan, Keamanan, dan Kesehatan Kerja (K3) di padang golf Royale Halim, Jakarta Timur. Tiga menteri itu yaitu Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menteri ESDM Jero Wacik, dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faizal. Pesertanya, eksekutif 196 perusahaan di Indonesia. Sosialisasi itu dibungkus dalam acara main golf bersama. Usai bermain golf, para menteri ini berfoto bersama. Mungkin untuk kenang-kenangan. Ketiga menteri itu berdiri berjejer biasa saja sambil tersenyum. Di samping kanan dan kiri mereka berdiri 10 caddy. Para caddy itu mengenakan pakaian khas para caddy, rok mini yang panjangnya jauh di atas lutut, dengan atasan kaos tanpa lengan. Tentu saja, kaos itu fit to the body alias ketat. Seminggu sebelumnya, kalangan DPR tengah giat memberlakukan larangan berbaju seksi di Senayan. Larangan yang kontroversial ini menyusul banyaknya staf DPR yang memakai baju terlalu berani. Nah, begitu foto tiga menteri bersama para caddy seksi itu muncul di media massa, para wakil rakyat di Senayan pun berlomba mengritik. Kritikan pertama dilontarkan Wakil Ketua DPR Pramono Anung. Menurut Pramono, foto itu menunjukkan para menteri mengesampingkan rasa keadilan masyarakat. “Ini mengolok-olok pemerintah sendiri,” ujarnya di Gedung DPR, Selasa 13 Maret lalu. Menurutnya, para menteri itu tidak peka terhadap rakyat yang sedang resah dengan isu kenaikan BBM. Apalagi, salah Majalah detik 19-25 maret 2012


wkwkwk

satu menteri yang ada dalam foto tersebut adalah menteri yang akan menaikkan harga BBM. Pramono pun usul agar SBY tidak usah sibuk membentuk Satgas Antipornografi. “Lebih baik bentuk saja Satgas Antihidup Berlebihan para penyelenggara negara,” keluhnya. Komentar pedas lainnya datang dari rekan Pramono, Tjahjo Kumolo. Sekjen PDIP itu malah merasa kasihan kepada SBY yang sedang sibuk bekerja. “Tapi pembantunya sempat-sempatnya berfoto ria memamerkan kepada masyarakat,” katanya. Tentu saja, para menteri yang merasa dikritik pun tidak terima. Jero Wacik misalnya, ia berkata, masa ada sekelompok anak muda mengajak foto kita nggak mau. Begitu pula staf ahli Menteri PDT, Daniel Johan. Menteri berfoto dengan caddy justru menunjukkan para pejabat itu merakyat. “Itu bagian sikap menteri yang merakyat,” katanya. Aih, cuma foto saja kok ya geger. Ha ha ha! (KEN/YOG) Majalah detik 19-25 maret 2012


seni & hiburan

Film-film Iran semisal Children of Heaven telah membuat kita jatuh cinta. Pekan Budaya Iran menunjukkan seni dan budaya Iran lainnya tidak kalah menariknya. Reporter: Silvia Galikano Foto: Istimewa Majalah detik 19-25 maret 2012


seni & hiburan

Kamyar Hakami (silvia/detik)

uang pamer Museum Nasional, Jakarta meriah dengan suara musik Persia. Perhelatan besar Pekan Budaya Iran baru saja dibuka, siang itu, Rabu 7 Maret 2012, dan berakhir pada 13 Maret 2012. Foto-foto Iran mutakhir mengisi dinding koridor. Ada foto perempuan berjilbab sedang membidikkan senapan, foto reaktor nuklir Iran, serta foto tempattempat cantik yang sangat mengundang untuk didatangi. Di ruang dalam, kerajinan khas Iran dipamerkan. Sejumlah perajin didatangkan untuk menunjukkan kemampuan mereka. Kamyar Hakami salah satunya. Usianya mungkin sekira 40-an tahun. Dia mengguratkan pisau cukilnya menyusuri pola di atas kayu berukuran 20 cm x 10 cm, bertulis petikan ayat Quran. Tinggal sedikit lagi yang belum diukir. Dia hentikan kegiatannya ketika disapa. Dengan bahasa Inggris yang patah-patah, Hakami menjelaskan dia butuh 300 jam untuk menyelesaikan satu karya. “Kadang saya bekerja lima jam dalam sehari, kadang bisa sampai delapan jam.� Kaligrafi itu diukirkan di kayu gerdo (sejenis jati) dan khaj (sejenis cemara), dua pohon yang banyak tumbuh di Iran. Dia tunjukkan mana karyanya yang berbahan gerdo dan mana yang dari khaj. Ukiran kaligrafi dari gerdo berwarna lebih tua dibanding khaj. Ada juga kaligrafi yang kayunya terdiri dari dua warna, hitam dan cokelat. “Semua ini adalah warna asli kayunya, tidak diberi pewarna apa pun,� ujar Hakami. Meja M. Hossein Fanosichi banyak juga mendapat perhatian. Dia perajin kaca hias. Kaca polos yang mirip semprong dia panaskan hingga lentur, baru kemudian dibentuk dengan cara ditarik, ditekuk, diMajalah detik 19-25 maret 2012


seni & hiburan

M. Hossein Fanosichi (silvia/detik)

Istana Sarvestan dari era Sassanid (fouman.com)

jepit, macam-macam caranya. Dan voila! Jadilah ­pajangan berbentuk angsa, daun, vas bunga, juga pohon mungil. Pekan Budaya Iran ini makin membuat kita ­mengenal Iran. Bila sebelumnya masyarakat kita sudah jatuh cinta dengan film-film Iran yang tenang tapi dalam seperti Children of Heaven yang disutradarai Majid Majidi, Pekan Budaya ini makin membuka mata kita tentang keindahan seni dan budaya negeri para mullah ini. Dalam Pekan Budaya Iran ini, digelar juga diskusi tentang pengaruh Parsi bagi budaya di Nusantara dan kontribusinya bagi kebudayaan Islam. Ternyata Iran telah banyak memengaruhi kita. Banyak istilah Parsi yang masuk dalam bahasa Indonesia. Ambil contoh, jika selama ini kita mengira kata “syahbandar”, “daftar”, dan “ tamasya” berasal dari bahasa Arab, keliru ternyata. Kata-kata itu dari bahasa Parsi. Begitu juga “bazaar”, “acar”, “banda”, “kurma”, “nahkoda”, dan” saudagar”. Akademisi yang juga sastrawan Abdul Hadi WM mengungkap, ada 429 kata dalam bahasa Parsi yang diserap ke dalam bahasa Melayu. Ini terjadi pada masa penyebaran Islam ke Nusantara pada abad ke-7 M. Pengaruh Parsi juga masuk dalam upacara keagamaan di negeri ini seperti Assyura dan salawat badar, ragam hias, dan sastra. Kubah yang sudah identik dengan Islam dan Arab itu ternyata asalnya bukan dari Arab, melainkan dari Persia zaman pra-Islam. Ini merupakan kontribusi terbesar dinasti Sassanid (224 – 651 M) bagi dunia arsitektur. (SIL/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


seni & hiburan

Agenda Seni dan Hiburan

Pentas Teater Koma 1-31 Maret 2012 Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki pukul 19.30

detikfoto

Sie Jin Kwie di Negeri Sihir merupakan penutup trilogi kisah Sie Jin Kwie. Lakon ini juga kisah tentang Sie Teng San, putra Sie Jin Kwie, dan Hwan Li Hoa, perempuan perkasa putri Jenderal Tartar. Teng San dan Li Hoa diramal bakal jadi pasangan abadi, tapi jalan menuju pelaminan ternyata penuh liku-liku dan tragedi.

Festival Seni Jakarta 16-31 Maret 2012 Galeri Cipta 2 Taman Ismail Marzuki Pameran karya terbaik mahasiswa Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (FSR IKJ) meliputi perkembangan seni rupa dari perguruan tinggi seni, baik dalam bidang seni murni maupun desain. Diadakan juga workshop seni batik, komik, kriya kayu, dan lukis foto yang dapat diikuti pengunjung secara gratis. Hasan/detik

Pameran Anis Ekowindu 9 - 30 Maret 2012 Kurator: Eva Mc. Govern Sangkring Art Space, Nitiprayan No. 88 Yogyakarta

Sangkring art Space

Pameran ini menitikberatkan pada hubungan positif dan negatif antara manusia dan alam. Anis menciptakan metafora yang surreal dan penuh canda akan kecintaan manusia dan sikap eksploitatifnya pada lingkungan serta pembalasan alam pada para penjajahnya. Memadukan gambaran tanaman, serangga, dan binatang secara detail, halus, dan nampak ringkih didampingkan dengan tokoh utama yang selalu nyengir, Anis menyampaikan perumpamaan ringan melalui comedy of errors yang disusun dengan saksama dan sangat menghibur. Majalah detik 19-25 maret 2012


seni & hiburan

Seorang pengacara di era Victoria menemukan serangkaian kejadian misterius di sebuah rumah tua di tepi laut. Inilah satu-satunya jalan keluar atas masalahnya selama ini. Reporter: Silvia Galikano Foto-foto: CBS Films Majalah detik 19-25 maret 2012


seni& & hiburan seni hiburan

S

eorang pengacara muda, Arthur Kipps (Daniel Radcliffe), terus berduka akibat kematian istrinya empat tahun silam saat melahirkan. Duka berkepanjangan itu membuat pekerjaannya di sebuah firma hukum di London jadi terbengkalai. Atasannya memberi kesempatan terakhir bagi Kipps untuk memperbaiki kinerjanya dengan menugaskan Kipps ke rumah bernama Eel Marsh House di Crythin Gifford, Inggris Utara. Dia harus

Judul: The Woman in Black Sutradara: James Watkins Skenario: Jane Goldman Sinematografi: Tim Maurice-Jones Musik: Marco Beltrami Pemeran: Daniel Radcliffe, Ciaran Hinds, Janet McTeer Durasi: 95 menit

Tap pada gambar untuk melihat video trailer The Woman in Black

membereskan surat-surat mendiang Nyonya Alice Drablow agar rumah itu bisa segera dijual. Nyonya Drablow merupakan penghuni terakhir rumah itu, karena suami dan anak tunggalnya sudah lama meninggal. Setibanya di Eel Marsh House, Kipps menemukan serangkaian kejadian yang merindingkan bulu kuduk. Ada suara bisikan, kursi goyang yang bergoyang sendiri, kotak musik berbunyi sendiri, burung gagak Majalah detik 19-25 maret 2012


seni & hiburan

Kemunculan perempuan bergaun hitam pertanda jatuhnya korban berikutnya. Semua korban adalah anak-anak.

yang entah dari mana datangnya, dan munculnya sesosok perempuan bergaun hitam di halaman. Masyarakat desa itu meyakini kemunculan perempuan bergaun hitam adalah pertanda akan adanya kematian anak-anak di sana. Tiga bocah perempuan pernah terjun dari loteng tempat mereka bermain boneka begitu melihat perempuan bergaun hitam. Kali lain, dua bocah laki-laki melangkah mantap masuk laut, dan seorang anak perempuan menelan cairan detergen. Kipps malah menyaksikan sendiri seorang anak membakar diri setelah melihat perempuan itu di sudut rumah. Tak ada yang bisa diselamatkan nyawanya. Meski demikian, Kipps tetap bertahan di Eel Marsh House karena harus memilah setumpuk dokumen keluarga Drablow dan memecahkan misteri yang melingkupi rumah itu. Di antara tumpukan dokumen itu, dia menemukan sertifikat kematian Nathaniel yang berusia 7 tahun akibat tenggelam di rawa. Jasad anak tunggal pasangan Drablow itu tidak ditemukan. Namun dari tumpukan dokumen itu juga Kipps ketahui ternyata Nathaniel bukan anak kandung pasangan Drablow. Nathaniel adalah anak Jennet Humfrye, saudara perempuan Alice Drablow, yang dianggap tidak sanggup mengurus anak karena hamil di luar nikah. Kipps juga menemukan kartu-kartu ucapan selamat ulang tahun dari ibu kandung ini yang ditahan Alice, tidak diteruskan ke Nathaniel; serta

Majalah detik 19-25 maret 2012


seni & hiburan

Daniel Radcliffe memerankan Arthur Kipps

surat-surat berisi kemarahan Jennet ke Alice yang menyebabkan Nathaniel tewas. Janet kemudian mati gantung diri di rumah itu. *** The Woman in Black rasanya seperti film horor nanggung. Nggak seram-seram amat dan tidak ada hal baru yang ditawarkan. Penampakan di jendela, burung gagak, kursi goyang yang bergerak sendiri, atau pintu yang tiba-tiba menutup dan tidak bisa dibuka, itu semua ada di film horor atau film hantu lainnya. Adegan wajib malah. Selain unsur wajib itu, The Woman in Black tidak punya apa-apa lagi. Mau menjual ide cerita? Rumah tua, di tempat terpencil, dan hantu yang ingin membalaskan dendam? Yang begini malah di Indonesia sudah ada dari zaman film Suzanna. Belum lagi hal yang tidak masuk akal, misalnya Janet yang putus asa karena tidak bisa menemui anak kandungnya, mati gantung diri di Eel Marsh House. Lho Janet tinggal di rumah itu juga? Satu atap dengan Nathaniel dan Alice? Mengapa dia tidak bisa bertemu putranya dan harus berpayah-payah

Majalah detik 19-25 maret 2012


seni & hiburan

Penduduk desa kehilangan anakanak mereka.

menulis surat dan kartu ucapan? Lalu ada cerita Kipps berhasil menarik keluar jasad Nathaniel dari rawa. Jasad bocah ini utuh seperti baru mati tadi sore. Bisa dipanggul di pundak pula! Kemudian jasad Nathaniel dikuburkan satu liang dengan ibu kandungnya yang sudah tinggal kerangka, di halaman Eel Marsh House. Bukankah yang mati duluan adalah anaknya? Bagaimana bisa jasad Janet sudah tinggal kerangka, sedangkan jasad Nathaniel masih utuh? Hanya faktor Daniel Radcliffe-lah The Woman in Black bisa terselamatkan, karena Radcliffe masih ada di hati khalayak sebagai pemeran Harry Potter. Dia seperti jadi “sandera� agar film ini bisa laku. Semoga pencintanya tidak menghujat Radcliffe akibat film ini. Dia juga masih terlalu muda memerankan duda beranak satu dan menjalani hidup serba suram. The Woman in Black diangkat dari novel karya Susan Hill yang terbit pada 1983. Novelnya mengklaim sebagai cerita hantu (ghost story) dan filmnya digolongkan dalam genre horor. Endingnya tidak biasa, tapi setidaknya memberi jawaban atas beberapa adegan tidak perlu yang diselipkan di tengah film. (SIL/YOG)

Majalah detik 19-25 maret 2012


seni& & hiburan seni hiburan Film Pekan Ini

MAN ON A LEDGE Jenis Film: Thriller Produser : Mark Vahradian, Lorenzo Di Bonaventura Produksi : Entertainment One Sutradara : Asger Leth

S

eorang mantan polisi (Sam Worthington) yang kehilangan pekerjaannya dan akan dipenjara setelah menghadiri pemakaman ayahnya. Ia menuju ke puncak Manhattan hotel, lantas mengancam untuk melompat bunuh diri. Tanpa sepengetahuan psikolog polisi yang membujuknya untuk turun, tindakannya ini bukanlah sekadar percobaan bunuh diri.

( 21 cineplex )

LONDON PARIS NEW YORK (INDIA) Jenis Film : Drama Produser : Goldie Behl, Shrishti Arya Produksi : Fox Star Studios Sutradara : Anu Menon ( 21 cineplex )

HUGO Produser : Graham King, Tim Headington, Johnny Depp, Christi Dembrowski Produksi : Paramount Pictures Sutradara : Martin Scorsese ( 21 cineplex )

G

adis India Selatan dari Chembur (pinggiran timur Mumbai) sedang dalam perjalanan ke New York untuk belajar politik dengan beasiswa penuh. Dia bertemu Nikhil, Punjabi, pria kaya dari Bandra (kawasan mewah pinggiran barat Mumbai) yang akan belajar sekolah Film di London dengan 100 persen biaya orang tuanya. Mereka memutuskan untuk berkumpul selama satu malam di London. Film mengikuti perjalanan dan kisah cinta mereka ketika bertemu di London, Paris, dan New York selama delapan tahun.

H

ugo Cabret (Asa Butterfield), anak yatim piatu yang tinggal di stasiun kereta api Paris, bertemu seorang gadis (Chloe Moretz) yang memiliki kunci sebuah mesin yang ditinggalkan oleh ayahnya. Dengan bantuannya, Hugo mencari jawaban untuk sebuah misteri yang menghubungkannya dengan pemilik toko mainan dan sebuah pesan tersembunyi dari mendiang ayahnya yang seorang mekanik. Diangkat dari buku fiksi terlaris versi New York Times The Invention of Hugo Cabret karya Brian Selznick.

Majalah detik 19-25 maret 2012


Detik 016