Issuu on Google+

SUMMARY CHAPTER ANTIFORENSICS MUHAMMAD UBAID AL-FAQIH 4711010007


MENYEMBUNYIKAN DATA • MENYEMBUNYIKAN TEKNIK BERKISAR DARI YANG SEDERHANA SAMPAI YANG SANGAT KOMPLEKS. MENGUBAH FILE NAMA DAN EKSTENSI, MENGUBUR FILE JAUH DI DALAM DIREKTORI YANG TAMPAKNYA TIDAK BERHUBUNGAN, MENYEMBUNYIKAN FILE DALAM FILE, DAN ENKRIPSI ADALAH BEBERAPA PERSEMBUNYIAN YANG PALING UMUM TEKNIK. INI ADALAH DUA TEKNIK TERAKHIR YANG DAPAT MENYEBABKAN PRAKTISI FORENSIK DIGITAL KEHILANGAN TIDUR DI MALAM HARI.


APA ITU ENKRIPSI? • ENKRIPSI ADALAH KONVERSI DATA KE DALAM BENTUK YANG DISEBUT CIPHERTEXT, YANG TIDAK BIAS MUDAH DIPAHAMI OLEH ORANG YANG TIDAK BERHAK (BAUCHIE, HAZEN, LUND, OAKLEY, & RUNDATZ, 2000). ENKRIPSI DIMULAI DENGAN TEKS BIASA. • SEBUAH ALGORITMA KRIPTOGRAFI KEMUDIAN DITERAPKAN PADA TEKS BIASA, MEMPRODUKSI CIPHER TEKS. CIPHER TEKS PADA DASARNYA ADALAH VERSI ORAK TEKS BIASA YANG TIDAK DAPAT DIMENGERTI.


ENKRIPSI DINI • ENKRIPSI SENDIRI BUKANLAH MERUPAKAN PRODUK TEKNOLOGI KOMPUTER SAJA . SUDAH ADA SELAMA RIBUAN TAHUN DALAM SATU BENTUK ATAU LAIN . SALAH SATU YANG PALING AWAL DAN SKEMA ENKRIPSI YANG PALING TERKENAL ADALAH CIPHER CAESAR .


ALGORITMA • UNTUK MATEMATIS MENANTANG , SEPERTI SAYA SENDIRI , HANYA KATA ALGORITMA DAPAT MENYEBABKAN BEBERAPA KECEMASAN . ALGORITMA KITA GUNAKAN UNTUK MENGIRIM NOMOR KARTU KREDIT KAMI DI INTERNET SECARA EKSPONENSIAL LEBIH KOMPLEKS DARIPADA CIPHER JULIUS DIGUNAKAN DI ROMA .


• SEBAGAI CONTOH , KITA DAPAT MEMBUAT ALGORITMA UNTUK MENGIRIM E - MAIL TENTANG PERTEMUAN YANG AKAN DATANG . 1 . PERGI KE KANTOR . 2 . NYALAKAN KOMPUTER 3 . BUKA MICROSOFT OUTLOOK 4 . KLIK " NEW EMAIL " 5 . ISI KOLOM " TO" INFORMASI 6 . KETIK " MEETING" DI BARIS SUBJEK 7 . KETIK TUBUH PESAN 8 . TEKAN KIRIM


ENCRYPTING FILE SYSTEM ( EFS ) • ENCRYPTING FILE SYSTEM ( EFS ) DIGUNAKAN UNTUK MENGENKRIPSI FILE DAN FOLDER . EFS SEDERHANA UNTUK MENGGUNAKAN , MENGGUNAKAN TIDAK LEBIH DARI SEBUAH KOTAK CENTANG DI PROPERTI FILE ITU .INI ADALAH " TIDAK SEPENUHNYA DIDUKUNG PADA WINDOWS 7 STARTER , WINDOWS 7 HOME BASIC , DAN WINDOWS 7 HOME PREMIUM " ( MICROSOFT CORPORATION ) . EFS MENGGUNAKAN USERNAME WINDOWS DAN PASSWORD SEBAGAI BAGIAN DARI ALGORITMA ENKRIPSI . EFS ADALAH FITUR BARU TECHNOLOGY FILE SYSTEM ( NTFS ) , BUKAN SISTEM OPERASI WINDOWS ( MICROSOFT CORPORATION) .


APPLE FILEVAULT • VERSI TERBARU APPLE OS X LION , DILENGKAPI DENGAN FILEVAULT 2 . FILEVAULT2 MENGGUNAKAN 128 BIT , ENKRIPSI AES . DENGAN FILEVAULT 2 ANDA DAPAT MENGENKRIPSI ISI DARI ANDA SELURUH DRIVE. • APPLE MEMBERIKAN PELANGGAN KESEMPATAN UNTUK MENYIMPAN KUNCI PEMULIHAN MEREKA DENGAN MEREKA. PASSWORD DISIMPAN DENGAN APPLE BISA DPT DENGAN HUKUM YANG TEPAT CARI OTORITAS (APPLE , INC , 2011) .


TRUECRYPT • TRUECRYPT ADALAH , PERANGKAT LUNAK OPEN SOURCE GRATIS YANG MENYEDIAKAN ONTHE - FLY – ENKRIPSI FUNGSIONALITAS .


MELANGGAR PASSWORD • MELANGGAR PASSWORD , ATAU KRIPTANALISIS , BISA MENAKUTKAN ATAU HAMPIR MUSTAHIL . DALAM RANGKA MEMBERIKAN KITA KESEMPATAN TERBAIK UNTUK SUKSES , KITA HARUS MENGGUNAKAN KEUNTUNGAN APAPUN BISA KITA DAPATKAN.


SERANGAN PASSWORD • PASSWORD DAPAT DISERANG DAN RUSAK DALAM BEBERAPA CARA , TETAPI MENGHINDARI ENKRIPSI SELALU LEBIH BAIK UNTUK MEMILIKI PASSWORD UNTUK MENYERANG . ADA ALAT DAN TEKNIK DAPAT KITA GUNAKAN UNTUK MENINGKATKAN PELUANG KEBERHASILAN KITA


PASSWORD RESET • KADANG-KADANG KITA AKAN PERGI SETELAH PERANGKAT LUNAK DARIPADA PASSWORD . BEBERAPA APLIKASI MEMILIKI KERENTANAN YANG DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK SEKEDAR MERESET PASSWORD , MEMBERIKAN KITA AKSES YANG KAMI BUTUHKAN .


KAMUS SERANGAN • SEBUAH SERANGAN KAMUS LEBIH TEPAT , MENGGUNAKAN KATA-KATA DAN FRASE YANG DAPAT DIKUMPULKAN DARI BERBAGAI SUMBER . SEBAGAI CONTOH, SEBUAH APLIKASI FORENSIK DAPAT MEMBUA INDEKS SEMUA KATA YANG DITEMUKAN PADA TERSANGKA HARD DRIVE .


STEGANOGRAFI • STEGANOGRAFI, ATAU STEGO UNTUK JANGKA PENDEK, ADALAH CARA LAIN DAN SANGAT EFEKTIF UNTUK MENYEMBUNYIKAN DATA. KATA STEGANOGRAFI BERASAL DARI KATA YUNANI "STEGOS" YANG BERARTI TERTUTUP DAN "GRAPHIE" YANG BERARTI MENULIS. AKAR EKSAKNYA MENYAMAKAN PENULISAN TERTUTUP.


DATA DESTRUCTION • KADANG-KADANG MENYEMBUNYIKAN DATA TIDAK CUKUP , DAN PELAKU MENCOBA UNTUK MENGHANCURKAN DATA SEBAGAI GANTINYA. SEBENARNYA MERUSAK DATA INI SEDIKIT LEBIH RUMIT DARIPADA BANYAK ORANG BERPIKIR .


DRIVE WIPPING • MENDORONG UTILITAS MENYEKA DIGUNAKAN UNTUK MENIMPA DATA PADA HARD DRIVE SEDEMIKIAN RUPA UNTUK MEMBUAT MEREKA TIDAK TERPULIHKAN . KEBANYAKAN APLIKASI INI DIPROMOSIKAN DAN / ATAU DIMAKSUDKAN UNTUK MENYIMPAN INFORMASI PRIBADI ATAU PERUSAHAAN SWASTA. KEDUANYA ADALAH TUJUAN YANG MULIA MEMANG. SAYANGNYA , INI UTILITAS YANG SAMA DAPAT DIGUNAKAN UNTUK YANG LAIN , KURANG TERHORMAT TUJUAN .


Summary chapter antiforensics