Issuu on Google+


A. Latar Belakang Pengaruh perkembangan teknologi informasi (TI) yang sangat cepat dewasa ini menuntut para pendidik untuk memanfaatkan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar dan terampil mengakses ilmu pengetahuan yang terkait yang lebih luas (global). Begitu juga para pendidik dituntut untuk mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan lebih efektif, menarik, membangkitkan motivasi dan memancing kreatifitas peserta didik. Sebagaimana kita ketahui bahwa multimedia pembelajaran merupakan media pembelajaran yang mempunyai kekuatan dalam mentransfer informasi karena pembelajaran berlangsung dengan tidak hanya dengan membaca, mendengar, akan tetapi juga dengan melihat penjelasan yang berupa animasi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran menunjang efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian tersebut antara lain yang dilanjukan oleh Francis M. Dwyer. Hasil penelitian ini antara lain menyebutkan bahwa setelah lebih dari tiga hari pada umumnya manusia dapat mengingat pesan yang disampaikan melalui tulisan sebesar 10 %, pesan audio 10 %, visual 30 % dan apabila ditambanh dengan melakukan, maka akan mencapai 80 %. Berdasarkan hasil penelitian ini maka multimedia interaktif dapat dikatakan sebagai media yang mempunyai potensi yang sangat besar dalam membantu proses pembelajaran.Secara umum media mempunyai kegunaan: 1. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis. 2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra. 3. Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar. 4. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya. 5. Memberi rangsangan yang sama, untuk mensinkronisasi pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama. Dalam rangka ingin mengembangkan keterampilanpenggunaan Teknologi Informasi dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik dan interaktif menggunakan teknik animasi, maka kami menawarkanuntuk memberikan materi dan melakukan pendampingan kegiatan workshop Animasi Pembelajaran.

ICT-BASED LEARNING MEDIA

01


B. Tujuan 1.

Mengembangkan kompetensi peserta dalam mendesain media pembelajaran berbasis ICT

2.

Menambah wawasan peserta dalam memanfaatkan teknologi informasi (TI)

3.

Mengembangkan keterampilan peserta dalam membuat media pembelajaran berbasis ICT

4.

Melakukan pendampingan “Sampai-Bisa� satu peserta satu karya animasi media pembelajaran

C. Metode Workshop Metode workshop dilakukan dengan memakai pembelajaran aktif melalui: 1. Penyampaian materi melalui Tutorial 2. Peserta memahami materi melalui eksperimen Tool 3. Keterlibatan belajar seketika (Immediate Learning Involvement) dengan mencoba menyelesaikan Proyek Contoh yang dipandu Pemateri dari awal sampai selesainya Proyek Contoh. 4. Penilaian di tempat (On the spot assesment) 5. Performance dan Publikasi, dengan mendemokan dan mempresentasikan hasil pekerjaan ke hadapan semua peserta dan kemudian meng-upload hasilnya ke situs internet.

ICT-BASED LEARNING MEDIA

02


Bentuk dan Tema Kegiatan

D.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk “Workshop Animasi Pembelajaran” dengan tema “Pengembangan Media Pembelajaran Sekolah berbasis ICT menggunakan Teknik Animasi. E. Paket pelatihan 1)

PAKET 1: Pengenalan dan • • • • • •

penggunaan Tools Scratch untuk media Pembelajaran: Membuat Komponen Pembelajaran Membuat Skenario Animasi Pembelajaran Perekaman suara dan menambahkan Sound/Music Membuat Animasi dengan Custom Animation Praktek individual membuat Tutorial Membangun Tim dan manajemen Pembuatan Media Pembelajaran • Perekaman dan Package to Media Film

• • • • • • •

3)

2) PAKET 2: Pembuatan Film Kartun sebagai Media Pembelajaran. • Membangun Storyboard • Memahami dan mempraktekkan teknik video editing Membuat ilustrasi dan animasi cerita Perekaman suara dan gambar gerakan karakter Menggabungkan beberapa bagian yang sudah direkam. Menambahkan title,animasi teks dan efek transisi antar video Menambahkan backsound pada video Membuat video sederhana dalam format VCD atau DVD Merubah format dan mentransfer media pembelajaran ke dalam media HP ataupun Tablet.

PAKET 3: Pembuatan Media Pembelajaran Soal Interaktif dan ilustrasi animasi dandapat dipublikasikan melalui internet. • Membangun Rencana Pembelajaran • Mapping Rencana Pembelajaran ke dalam Storyboard • Membuat ilustrasi dan animasi urutan pembelajaran • Perekaman suara dan pengisian suara pendukung • Pembuatan Objek Pembelajaran (Learning Object) dengan GLO Maker • Publikasi ke internet • Merubah format dan mentransfer media pembelajaran ke dalam media teknologi lainnya HP ataupun Tablet.

ICT-BASED LEARNING MEDIA

03


F. Waktu dan tempat pelaksanaan Sesuai kesepakatan antara Panitia dengan Manager Program G. Biaya

Biaya pelatihan untuk salah satu paket tersebut di atas adalah: Rp. 300.000,- / Peserta. (min. 50 peserta) Tiap peserta akan mendapatkan Modul Pelatihan (berisi software yang dibutuhkan dan bahan praktek) dan Sertifikat Pelatihan. H. Lembaga yang pernah mengikuti training dan bekerjasama Diantara lembaga yang pernah mengadakan training animasi pembelajaran ini adalah : 1. SD-SMP Insan Kamil Tuban 2. Guru PAUD, SD, SMP, SMK Yayasan Al-Azhar Tulungagung 3. Pondok Pesantren Nurul Haromain Pujon Malang 4. PP.As-Sunniyah Kencong Jember 5. UIN Malang 6. UIN Suska RIAU 7. Politekhnik CALTEX RIAU 8. SMK PAL Sidoarjo

Adapun lembaga/instansi yang pernah bekerjasama untuk program ICT adalah : 1. Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo th.2008-2013 2. Diknas Kota Surabaya th.2004-2008 3. Zahir Accounting Jakarta 4. Dinas Pariwisata Bandung 5. Universitas Bhayangkara Surabaya 6. PIKMI Surabaya 7. Surya Institute Jakarta 8. Indosat Surabaya 9. Telkom Divre V Surabaya

ICT-BASED LEARNING MEDIA

04


PENDIDIKAN Nama Lengkap Tempat/Tgl. Lahir Jenis Kelamin Kebangsaan Alamat

Jabatan

PENDIDIKAN S-1 1993-1997 : Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, (Teknik Informatika) (Sangat Memuaskan) S-2 2001-2003 : Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung, (Teknik Informatika) (Cum Laude)

ICT-BASED LEARNING MEDIA

05


ICT-BASED LEARNING MEDIA

06


DOKUMENTASI

Animasi Pembelajaran Fisika Yohanes Surya

Peluang Animasi di SMK 1 Surabaya

Belajar di Les Copaque Ipin Upin

Workshop Animasi PP.As-Sunniyah Kencong Jember

ICT-BASED LEARNING MEDIA

07


DOKUMENTASI

Siswa Yayasan Al-Azhar Tulungagung asyik mengikuti workshop bagaimana main puzzle dalam permainan game

Menjadi ustadz tidak harus GAPTEK Tetapi tetap aktif menyelesaikan tugas dalam workshop animasi

Kerja kelompok untuk mengisi suara dan perekaman animasi. Umur tidak menjadi masalah, yang penting bisa

Guru-guru SD se-Kecamatan Tlogosari yang tergabung dalam organisasi PGRI sedang menyelenggarakan Workshop Rekayasa Animasi dan Game

ICT-BASED LEARNING MEDIA

08


DOKUMENTASI

Peserta training Workshop Teaching Technology khusyu mengikuti training di Yayasan Al-Azhar Tulungagung

Santriwan dan Santriwati PP.As-Sunniyah mengikuti Workshop Animasi untuk menghadapi kemajuan zaman

Akhwat dari PP.Nurul Haromain Pujon Malang aktif dalam workshop animasi

ICT-BASED LEARNING MEDIA

09


Griya Cipta Karya - Jl. Dahlia E-164 Bohar, Taman, Sidoarjo Telp. 031 - 855 2671


Proposal animasi griya parenting