Page 13

18

2.7.4. Composite Struktur penjejakan Composite (campuran) merupakan gabungan dari ketiga struktur sebelumnya yaitu Linear, Non Linear dan Hierarchi. Struktur penjejakan ini juga biasa disebut struktur penjejakan bebas. Jika suatu tampilan membutuhkan percabangan, maka dapat dibuat percabangan, dan bila dalam percabangan tersebut terdapat suatu tampilan yang sama kedudukannya maka dapat dibuat struktur Linear dalam percabangan tersebut. Struktur penjejakan ini banyak digunakan dalam pembuatan multimedia sebab struktur ini dapat memberikan keinteraksian yang lebih tinggi. Setiap struktur peta penjejakan seperti yang baru di bahas mempunyai fungsi dan tujuan tersendiri, tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Penggunaan peta penjejakan bergantung kepada kebutuhan dan tujuan dari aplikasi multimedia yang hendak dibuat. Semakin kompleks peta penjejakan yang digunakan, maka semakin sulit pula pembuat.

Gambar 2.5. Navigasi Composite

2.8

Storyboard [8] Storyboard merupakan gambaran dan penjelasan secara terperinci dari setiap

gambar, animasi, suara dan teks. Bagian-bagian tampilan dalam alur cerita ini akan disatukan oleh peta penjelasan (navigasi) selama mendesain multimedia pada pembuatan storyboard selalu berkaitan dengan desain antar muka.

7-bab-ii  

6 7 8 2.2 Macromedia Dreamweaver 8 [2] Macromedia Dreamweaver 8 adalah sebuah software web design yang menawarkan cara mendesain website den...

Advertisement