Page 1

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

2.1

Internet[1] Secara umum internet merupakan suatu jaringan global yang terbentuk dari

jaringan komputer lokal dan regional, yang memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut dengan menggunakan berbagai macam media seperti jalur telepon, satelit, dan kabel serat optik. Internet bukanlah objek kasat mata yang dapat dipegang dan dirasakan.. Internet merupakan entitas organik kooperatif, bentuk digital pengalaman manusia, yang mampu menampung dan melayani berbagai bentuk informasi dan kepentingan, mulai dari resep membuat kue hingga cara membuat bom. Internet juga menyediakan alat eletronik seperti perangkat lunak, musik, gambar-gambar, multimedia, video, teks, dan cara yang murah pembicaraan local. Namun berbeda dengan telepon, yang merupakan sistem dengan penghubung satu sambungan pada satu saat, Internet memberikan hubungan yang dinamis dan terbuka kepada banyak orang pada saat bersamaan atau party-line.

2.1.1 Beberapa Istilah dalam Internet Berikut ini beberapa istilah pada umumnya sering digunakan dalam hubungannya dengan Internet, diantaranya : 1.World Wide Web (WWW) Salah satu layanan aplikasi di Internet adalah World Wide Web (WWW), pelayanan yang dikembangkan di Internet dan menjadi layanan aplikasi yang paling populer digunakan pemakai jaringan Internet. WWW atau yang biasa disebut Web saja, bekerja dengan teknologi yang disebut hypertext, yang kemudian dikembangkan menjadi suatu protocol aplikasi yang disebut HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).

6


7

WWW merupakan fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa text, grafik atau gambar, suara, animasi, dan sebagainya. Apabila diumpamakan WWW merupakan perpustakaan besar yang menyediakan berbagai buku dengan berbagai informasi yang anda butuhkan. 2.TCP/IP TCP (Transmission Control Protocol) yang memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TCP/IP secara umum paspor digital yang memungkinkan perpindahan file-file dengan mudah di internet, sedikit mirip dengan perbedaan antara jalan biasa dengan jalan tol atau khusus. TCP/IP terbuka bagi semua pengguna jalan, dan akhirnya dipilih sebagai standar resmi untuk Internet pada 1983. 3.DNS (Domain Name Service) DNS merupakan sistem database terdistribusi yang tidak banyak dipengaruhi oleh bertambahnya database. DNS menjamin informasi host terbaru akan disebarkan ke jaringan bila diperlukan. Jika server DNS menerima permintaan informasi tentang host yang tidak dia ketahui, ia akan bertanya pada authoritative DNS server (sembarang server yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi akurat tentang domain yang diminta). Ketika authoritative server memberikan jawabannya, server local menyimpan jawabannya untuk penggunaan mendatang. Jadi, apabila setelah itu ada permintaan informasi yang sama ia langsung menjawabnya. 4.URL (Uniform Resource Locator) URL yang menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah Homepage, yaitu alamat suatu dokumen atau program yang ingin anda tampilkan atau gunakan. Orang lebih sering menyebutnya kotak URL, karena jika ingin mengunjungi suatu alamat website tertentu, pasti mengetikkan alamatnya pada kotak URL tersebut.


8

5.HTTP (Hypertext Transfer Protocol) HTTP adalah sebuah protokol yang menentukan aturan main antara software Web Browser dan software Web Server dalam penyediaan dokumen yang diminta oleh Browser. 6.Web Browser Browser/Web Browser adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi dunia maya Internet. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menampilkan suatu Web Page yang ditulis dalam bentuk dokumen HTML. Perkembangan Browser ini sangat cepat terutama dengan munculnya Netscape milik Netscape corp dan Internet Explorer yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang sudah mencapai versi 6.0 untuk saat ini dan akan terus berkembang. 7.HTML (Hypertext Markup Langual) HTML adalah bahasa dasar untuk membangun situs WWW, HTML dikembangkan dari SGML (Standardised General Markup Language) atau bahasa yang ditingkatkan secara umum dan yang dibakukan. HTML digunakan untuk menyusun dan membentuk suatu dokumen agar dapat ditampilkan pada program browser WWW dalam bentuk yang di inginkan. HTML merupakan sebuah dokumen dalam format ASCII dan dapat dibuat dengan sembarang software pengedit naskah. Dalam dokumen HTML terdapat tiga buah tag â&#x20AC;&#x2DC;<â&#x20AC;Ś>â&#x20AC;&#x2122; utama yaitu Tag HTML, HEAD, BODY 8.Web Site Web Site atau Situs Web merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan Situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu. Web Site atau Situs Web juga merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang saling berkaitan didalam website tersebut.


9

9.Web Pages Merupakan sebuah halaman khusus dari website tertentu. Diumpamakan halaman web ini adalah halaman media elektronik khusus buku dari website tertentu, atau bisa dikatakan halaman web. 10. Web Server Untuk mempublikasikan dokumen pada web, di butuhkan beberapa server yang mempunyai dokumen-dokumen dan media ke browser. Browser web seperti, Netscape, Explorer dan Mosaic, berkomunikasi melalui jaringan (termasuk Internet) ke server web dengan menggunakan http (hyper text protocol). Browser mengirim suatu perintah untuk perintah untuk server yaitu meminta dokumen, atau layanan servis tertentu. Server akan memberikan dokumen jika ada dengan protokol http. Browser akan menerima dan mengerti isi dokumen itu. Server web juga dapat menjalankan suatu program berdasarkan informsi yang diisi pada form isian, seperti menjalankan aplikasi pengakses database dan mengirim e-mail. 11. Homepage Homepage merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah Situs Web. Homepage adalah halaman pembuka dari sekian banyak Web Page yang terdapat pada suatu Web Site. Halaman pertama ini berisi tentang apa dan siapa, dari perusahaan atau organisasi mana pemilik Web site tersebut, dan pada halaman pertama ini juga sering memiliki link – link yang akan membawa pada halaman lainnya dari sebuah situs Web.

2.2

Macromedia Dreamweaver 8[2] Macromedia Dreamweaver 8 adalah sebuah software web design yang

menawarkan cara mendesain website dengan dua langkah sekaligus dalam satu waktu, yaitu mendesain dan memprogram. Juga dapat dilihat pada mottonya “The Solution for Proffesional Web Site Design and Productioní”, yang mana memiliki arti kurang lebih ‘Solusi bagi para Profesional Web Desainer untuk memproduksi Web Site’. Macromedia Dreamweaver juga menghimpun banyak teknologi terkini untuk


10

menemani dan membantu anda dalam merancang sebuah website. Macromedia Dreamweaver 8 memiliki satu jendela mini yang disebut HTML Source tempat kodekode HTML tertulis. Setiap kali mendesain website seperti menulis kata, meletakkan gambar, membuat tabel, dan proses lainnya, tag-tag HTML akan tertulis secara langsung (otomatis) mengiringi proses pengaturan website.

2.3

PHP[3]

2.3.2

Pengenalan PHP PHP Hypertext Preprocessor (PHP) merupakan Bahasa Pemprograman yang

sekarang ini sedang naik daun, terutama karena merupakan perangkat lunak yang bersifat Open Source atau yang dikenal dengan Gratis. PHP dikenal sebagai bahasa scripting yang yang bersifat Server-Side juga bisa menyatu dengan tag-tag HTML, dieksekusikan di server dan digunakan untuk membuat halaman Web yang dinamis. Versi pertama PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 dengan sekumpulan script PERL yang digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis. Sedangkan untuk PHP versi kedua yang diberi nama PHP/F1 pada tahun 1996 dan PHP versi ketiga dirilis pada pertengahan 1997 dimana pembuatan PHP tersebut tidak hanya Rasmus Lerdorf sendiri melainkan bersama-sama dengan beberapa programmer. Sekarang untuk versi terakhir yakni, PHP 4.0 dirilis bulan Oktober 2000. Perubahan mendasar pada PHP 4.0 adalah Integrasi Zend Engine. Zend dibuat oleh Zeef Suraski dan Andi Gutmans yang merupakan penyempurnaan dari PHP 3 scripting engine.

2.3.3

Kelebihan PHP 1) Cepat dan powerful Modul PHP berjalan di dalam ruang memorinya sendiri, sehingga tidak ada waktu yang hilang untuk berhubungan dengan objek atau sistem lain yang berjalan di dalam proses yang berbeda.


11

2) Memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena dibangun dengan menggunakan sistem operasi Linux. Untuk saat ini, Linux merupakan sistem operasi yang paling aman. 3) Murah karena sifatnya yang gratis dan open source. 4) Life Cycle yang singkat, sehingga PHP selalu up to date mengikuti perkembangan teknologi internet. 5) Cross Platform PHP dapat dipakai di hampir semua web server yang ada di pasaran (seperti Apache, PWS, IIS, Xitami dan lain-lain) yang dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, seperti Windows dan Linux. Dengan demikian, proses developing dapat menggunakan sistem operasi yang berbeda dengan sistem operasi yang digunakan setelah publish. Misalnya, developing di Windows kemudian dipasang di webserver yang menggunakan sistem operasi Linux. 6) Mendukung banyak paket database seperti MySQL, Oracle, Informix, Microsoft SQL Server dan lain lain

2.3.4

Kekurangan PHP 1) Menyetel Apache lebih rinci dan 2) Tidak bisa menjalankan skrip-skrip lama CGI/Perl. 3) Source program dan koneksi database tidak kompatibel dengan versi terbarunya

2.4

MySQL[4]

2.4.2

Pengenalan MySQL Asal mula MySQL bermula dari tahun 1979, dengan UNIREG database tool

yang diciptakan Michael "Monty" Widenius. Saat ini MySQL merupakan server database open source yang digunakan terbanyak di dunia. Arsitekturnya yang khas menyebabkan MySQL ini sangat cepat dalam operasinya dan mudah disesuiakan


12

dengan kebutuhan, menghasilkan DBMS yang cepat, kompak, stabil dan mudah dalam penerapannya sehingga sangat sulit untuk ditandingi. Popularitas MySQL tidak hanya terbatas pada komunitas Open Source. MySQL dapat berjalan pada sebuah Personal Computer. (Bahkan pengembangannya dapat dilakukan pada PC yang terpasang Linux). MySQL bersifat portable dan dapat pula berjalan pada sistem operasi yang komersial (Contohnya Microsoft Windows) dan pada berbagai macam hardware, termasuk enterprise server. Performanya dapat dibandingkan dengan database system yang komersial dan dapat menangani database yang besar dengan jutaan record didalamnya. Organisasi atau perusahaan yang menginginkan sebuah mesin dengan RDBMS berperforma tinggi untuk bekerja dapat dilakukan dengan harga mendekati gratis.

2.4.3

Kelebihan MySQL Secara umum, kelebihan MySQL adalah: tersedia gratis untuk banyak sistem

operasi dan hardware, memiliki kecepatan proses dan kemampuan menangani database dengan sangat baik di banyak tipe hardware dan sistem operasi yang digunakan.. Selain itu MySQL juga mudah digunakan karena bahasa yang digunakannya termasuk simple, mendukung SQL (structured query language), sebuah bahasa untuk semua database system yang modern, mampu bekerja dengan beban berat dengan banyak client yang terhubung dalam satu waktu secara bersamaan, dapat diakses dari mana saja dari internet, mudah diperoleh dan yang terakhir faktor keamanan yang terjamin.- Mampu menangani jutaan user dalam waktu yang bersamaan. MySQL juga menyediakan dukungan open source. Setiap pengguna MySQL diiizinkan mengubah source untuk keperluan pengembangan atau menyelaraskan spesifikasi database sesuai kebutuhan. Sebelum menjalankan MySQL terlebih dahulu harus mengaktifkan daemon MySQL (mysqld).


13

2.4.4

KeKurangan MySQL Kekurangan dari MySQL hanya pada tidak adanya fasilitas transaction

processing.

2.5

Apache[5] Apache merupakan web server yang terpopuler saat ini. Server Apache sangat

luwes, memenuhi standar HTTP, mengimplementasikan protokol terbaru dan sangat luwes dikon_gurasi serta dapat ditambahkan modul lainnya melalui module Apache. Tersedia untuk berbagai sistem operasi. Apache menyediakan fasilitas yang kaya, yang sangat dibutuhkan suatu server serius, seperti otentikasi, pengaturan akses direktori, virtual host, kemampuan URL rewritting dan

juga alias. Kemampuan melakukan content negotiation membuat

Apache mampu melayani beragam client secara otomatis, baik untuk berbagai browser yang memiliki kemampuan berbeda ataupun untuk divais akses yang berbeda. Fungsi log yang dimiliki oleh Apache dapat dikirim melalui proses piping, sehingga dapat dilakukan rotasi log, filter log, serta melakukan pemisahan log secara langsung. Awalnya Apache dikembangkan berdasakan keinginan untuk memperbaiki Web server yang saat itu populer (NCSA web server). Tetapi akhirnya mengalami perombakan dan penulisan ulang dan menjadi Web server yang berdiri sendiri dan berbeda dengan NCSA. Kini malah mengalahkan kepopuleran NCSA Web server. Pada tahun 1999 dibentuk Apache Software Foundation untuk mengurus perkembangan Apache ini. Apache telah membuktikan sebagai web server yang cepat, stabil dengan fitur yang paling kaya di antara web server lainnya. Saat ini proyek Apache telah berkembang dan tidak hanya sekedar Web server.

2.6

Adobe Photoshop 7.0[6] Adobe Photoshop 7.0 adalah suatu software yang powerful yang memiliki

kemampuan spesialisasi untuk mengedit file gambarâ&#x20AC;&#x201C;gambar, dan tidak hanya itu


14

masih banyak lagi kelebihan yang bisa didapat pada Adobe Photoshop 7.0 ini, seperti membuat efek teks pada website. Kelebihan dari software Adobe Photoshop 7.0 ini terletak pada penggunaan layer-layer yang digunakan pada desainer graphics untuk mengembangkan ide-ide kreatifnya. Untuk semua gambar yang ada halaman web atau website penulis mengambilnya dari berbagai sumber media, seperti dari majalah, bukuâ&#x20AC;&#x201C;buku, Internet, dan untuk dapat ditampilkan dengan baik atau memiliki daya seni ke halaman website, penulis mengeditnya dengan terlebih dahulu di scan. Setelahnya barulah penulis mengolah gambarâ&#x20AC;&#x201C;gambarnya didalam Adobe Photoshop 7.0. Untuk menjalankan Adobe Photoshop 7.0, disarankan anda menggunakan komputer yang memenuhi persyaratan minimum berikut ini : ?

Prosesor Intel Pentium atau yang lebih cepat.

?

Microsoft Windows 95, Windows 98 Windows NT 4.0, atau sistem operasi yang lebih baru ( Microsoft Windows 2000 atau NT 5.0 ).

?

Memori RAM 32 MB.

?

Ruang kosong Hard disk sebesar 80 MB.

?

Tampilan monitor warna 256 warna.

Untuk

menghasilkan

kerja

yang

optimal,

direkomendasikan

anda

menggunakan perangkat keras yang memenuhi diatas ditambahkan spesifikasi berikut ini : ?

Memori 64 MB atau lebih.

?

Tampilan monitor 24â&#x20AC;&#x201C;bit warna ( true color ).

?

Hard disk berkapasitas besar untuk menyimpan fileâ&#x20AC;&#x201C;file hasil dari penyuntingan.


15

Berikut ini tampilan awal Program aplikasi penyunting gambar Adobe Photoshop 7.0 : Toolbox

Ruang Kerja

P A

L E T

Gambar 2.1. Tampilan Awal Adobe Photoshop 7.0

2.6.1

Pallete Berikut fungsi pengertian dari beberapa menu shorcut yang tersedia pada

gambar diatas, di antaranya : a. Layer Pallete, menunjukkan semua layer yang ada dalam sebuah citra. b. Brushes Pallete, menunjukkan ukuran dan bentuk dari piranti gambar. c. Options Pallete, menunjukkan opsi yang tersedia untuk piranti yang sedang pergunakan. d. Channels Pallete, berfungsi untuk menyimpan informasi mengenai warna. e. Swatches Pallete, menunjukkan tabel warna atau Color Look Up Table (CLUT) untuk file citra yang dibuka. f. Color Pallete, menunjukkan nilai dari warna foreground dan background. g. Navigator Pallete, berisi thumbnail dari file citra yang dibuka dan bagian dari citra yang sedang anda kerjakan.


16

h. History Pallete, palet ini menyimpan status perubahan yang dilakukan terhadap sebuah citra. i. Actions Pallete, berguna untuk merekam dan memainkan aksi, juga dapat menyunting suatu aksi pekerjaan anda.

2.7.

Struktur Dasar Navigasi (Penjejakan) [7] Penjejakan termasuk struktur terpenting dalam pembuatan suatu website dan

gambarannya harus sudah ada pada tahap perencanaan. Peta penjejakan merupakan rancangan hubungan dan rantai kerja dari beberapa area yang berbeda dan dapat membantu mengorganisasikan seluruh elemen website dengan pemberian perintah dan pesan. Peta penjejakan mempunyai beberapa ciri khas yang dapat digolongkan menurut kebutuhan akan obyek, kemudahan pemakaian, keinteraktifitasannya, dan kemudahan pembuatannya yang berpengaruh terhadap waktu pembuatan suatu website.

2.7.1. Linear Linear (satu alur) merupakan struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita yang berurut. Struktur ini menampilkan satu demi satu tampilan layar secara berurut menurut urutannya. Tampilan yang dapat ditampilkan pada struktur jenis ini adalah satu halaman sebelumnya atau satu halaman sesudahnya tidak dapat dua halaman sebelumnya atau dua halaman sesudahnya. Pada struktur penjejakan ini tidak diperkenankan adanya percabangan. Biasanya struktur ini digunakan untuk membuat website karena tidak terlalu menuntut kemampuan tetapi hanya memerlukan keindahan dan kemudahan menampilkan data sebagai informasi.

Gambar 2.2. Navigasi Linier


17

2.7.2. Hierarchical Struktur Hierarchi (bercabang) merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu. Tampilan pada menu pertama akan disebut sebagai Master Page (halaman utama kesatu), halaman utama ini akan mempunyai halaman percabangan yang dikatakan Slave Page (halaman pendukung). Jika salah satu halaman pendukung dipilih atau diaktifkan, maka tampilan tersebut akan bernama Master Page (halaman utama kedua), dan seterusnya.

Gambar 2.3. Navigasi Hierarchial

2.7.3. Non Linear Struktur penjejakan Non Linear (tidak berurut) merupakan pengembangan dari struktur penjejakan Linear. Pada struktur ini diperkenankan membuat penjejakan bercabang. Percabangan yang dibuat pada struktur Non Linear ini berbeda dengan percabangan pada struktur Hierarchi, karena pada percabangan Non Linear ini walaupun terdapat percabangan, tetapi tiapâ&#x20AC;&#x201C;tiap tampilan mempunyai kedudukan yang sama tidak ada Master Page dan Slave Page.

Gambar 2.4. Navigasi Non Linier


18

2.7.4. Composite Struktur penjejakan Composite (campuran) merupakan gabungan dari ketiga struktur sebelumnya yaitu Linear, Non Linear dan Hierarchi. Struktur penjejakan ini juga biasa disebut struktur penjejakan bebas. Jika suatu tampilan membutuhkan percabangan, maka dapat dibuat percabangan, dan bila dalam percabangan tersebut terdapat suatu tampilan yang sama kedudukannya maka dapat dibuat struktur Linear dalam percabangan tersebut. Struktur penjejakan ini banyak digunakan dalam pembuatan multimedia sebab struktur ini dapat memberikan keinteraksian yang lebih tinggi. Setiap struktur peta penjejakan seperti yang baru di bahas mempunyai fungsi dan tujuan tersendiri, tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Penggunaan peta penjejakan bergantung kepada kebutuhan dan tujuan dari aplikasi multimedia yang hendak dibuat. Semakin kompleks peta penjejakan yang digunakan, maka semakin sulit pula pembuat.

Gambar 2.5. Navigasi Composite

2.8

Storyboard [8] Storyboard merupakan gambaran dan penjelasan secara terperinci dari setiap

gambar, animasi, suara dan teks. Bagian-bagian tampilan dalam alur cerita ini akan disatukan oleh peta penjelasan (navigasi) selama mendesain multimedia pada pembuatan storyboard selalu berkaitan dengan desain antar muka.

7-bab-ii  

6 7 8 2.2 Macromedia Dreamweaver 8 [2] Macromedia Dreamweaver 8 adalah sebuah software web design yang menawarkan cara mendesain website den...