Page 1

Young media post 9 oktober 2018 Sumber : liputan6.com,

Pebisnis Muda,Cantik dan Cerdas . 

Kesuksesan bisnis

Bisnis cerdas

SEPUTAR BISNIS, KULINER, STYLE DAN KESEHATAN MANFAAT KURMA BILA DIKONSUMSI WANITA BERITA KEKINIAN ANAK MILENIAL

About busniess


Bermodal Pinjaman Rp 5BISNIS Juta, PengusahaCERDAS Muda Ini Ciptakan Batik Edukatif

Bisnis! sekaligus memperkenalkan batik Indonesia Untuk tahun ini, Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2017 mengangkat tema The Magnificence of Yogyakarta sebagai ikon pameran. Namun, di samping meletakkan produk kerajinan Yogyakarta sebagai ikon di area penyambutan tamu, Inacraft 2017 juga memberikan tanda khusus kepada booth-booth yang berasal dari daerah istimewa tersebut. Salah satu booth yang menarik perhatian adalah milik Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta yang berlokasi di Hall B. Di sini, seorang pria tampak sedang menjaga dagangannya yang berupa batik dengan corak berwarna-warni dan tidak umum. Pria tersebut adalah Miftahudin Nur Ihsan, mantan mahasiswa Jurusan Penndidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Negeri Yogyakarta. Sejak tahun 2015,

Ihsan telah merintis usaha batiknya yang diberi nama Smart Batik Indonesia dengan hanya bermodalkan pinjaman Rp 5 juta. karyanya justru mengangkat tema-tema edukatif dengan warna-warna yang cerah. Ketika ditanya mengapa menciptakan batik tersebut, Ihsan berkata bahwa alasannya sangat sederhana. “Karena yang keratonan sudah banyak, jadi saya coba memberikan warna baru tentang batik,� ucapnya kepada Kompas.com pada hari Kamis (27/4/2017). .

APA ITU BISNIS ? Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

M O N EY Page 2

jahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, di mana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan Dalam ekonomi kapitalis, di ma- di mana seseorang na kebanyakan bisnis dimiliki atau sekelompok oleh pihak swasta, bisnis diben- orang sibuk melakukan tuk untuk mendapatkan profit pekerjaan yang dan meningkatkan kemakmuran menghasilkan keunpara pemiliknya. Pemilik dan tungan. Kata "bisnis" operator dari sebuah bisnis sendiri memiliki tiga mendapatkan imbalan sesuai penggunaan, tergandengan waktu, usaha, tung skupnya — atau kapital yang mereka beripenggunaan singular kan. Namun tidak semua bisnis kata bisnis dapat mengejar keuntungan seperti ini, merujuk pada badan misalnya bisnis koperatif yang usaha, yaitu kesatuan bertujuan meningkatkan keseyuridis (hukum), teknis,

dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Young media post


DAPUR

WANITA

Resep Mozzarella Stick Variasi Kulit Pangsit Bahan-bahan: 

Keju mozzarella yang dipotong memanjang sesuai dengan keinginan anda  Kulit pangsit siap pakai yang jumlahnya sesuai dengan jumlah keju potong tadi  Putih telur Minyak secukupnya untuk menggoreng mozzarella stick

Cara Membuatnya:

1. Bungkus keju yang sudah anda potong

dengan menggulungnya di dalam kulit pangsit. Pastikan gulungan tersebut rapat sehingga tidak terjadi kebocoran keju saat digoreng. 2. Kunci ujung kulit pangsit dengan menggunakan putih telur sehingga kulit tidak lepas saat proses penggorengan. 3. Panaskan minyak secukupnya dengan api tinggi. 4. Masukkan stick mozzarella lalu kecilkan api supaya gorengan tidak mudah gosong. 5. Goreng stick sebentar saja hingga kulit pangsit berubah menjadi kecoklatan. 6. Angkat, tiriskan, lalu sajikan dengan menggunakan saus tomat, saus cabai, ataupun mayonnaise.

MANFAAT KURMA BAGI WANITA BERKREASILAH SESUAI

Buah ini terkenal kaya akan potasium, nutrisi penting yang berperan dalam mengatur tekanan darah, kata Penny Kris- Etherton, PhD, RDN, seorang profesor nutrisi di Penn State University. Menurut studi yang dipublikasikan di Journal of

KEINGINAN ANDA, SELAGI MASIH BISA! UNTUK ANAK MUDA JANGAN KALAH DENGAN YANG TUA! BERSAINGLAH DAN BERBISNIS DENGAN CERDAS!

Agricultural and Food Chemistry, kurma juga membantu memangkas tingkat trigliserida (lemak

dalam darah yang berkaitan dengan serangan jantung dan stroke).

Sumber : liputan6.com, Wikipedia, Artikel fadhilah korik

Page 3


BOCAH MILENIAL : GENERASI MODERN Sebutan Bocah Milenial tentu sudah tak asing lagi di kalangan masa kini. Yaitu seseorang yang lahir dari tahun 1980an hingga tahun 2000, yang terkenal memiliki kehidupan bergantung pada Teknologi seperti Gadget. Seperti yang di jelaskan Ericcson yang dikutip dari www.kominfo.com kehidupan Bocah Milenial tergantung kepada teknologi. Yang kita lihat bahwa Bocah pada Zaman Milenial cenderung menggunakana Gadgetnya untuk berkomunikasi dengan orang terdekat dari pada langung bertemu disuatu Tempat. Banyak sebutan yang dilontarkan untuk Bocah Milenial tetapi sebutan yang paling cocok adalah Generasi Internet. Masyarakat membuat sebutan seperti itu kadang kala ada yang pro dan juga kontra. Mengapa kehidupan Bocah Milenial menjadi pembahasan Publik ? Banyak sekali sifat atau gaya hidup yang dimiliki Bocah Milenial yang membuat Netizen kesal dan ada pula yang membuat Netizen bangga akan adanya Bocah milenial tersebut. Gaya hidup yang dimaksud tak terlepas dari kata “modern” sudah jelas Bocah Milenial memiliki gaya hidup yang modern, dikatakan modern karena mereka bisa berfikir dan mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah di kehidupan dalam peradaban dunia masa kini, dan mampu mengikuti perkembangan yang pesat dalam berbagai bidang, yang paling umum adalah bidang teknologi.

Pertama sering sekali Netizen menyebutkan bahwa Bocah Milenial adalah “generasi narsis”. Menurut “The US National Library of Medicine (INSPIRASI.co) Narsis adalah seseorang memiliki rasa percaya diri sendiri dan tidak memiliki empati tehadap orang lain, orang yang menderita narsisme biasanya tidak memiliki emosi yang stabil. Kedua, Bocah Milenial “generasi manja”. Manja disini mengacu pada mereka yang masih tinggal bersama orang tua pada usia dimana mereka seharusnya sudah bisa mandiri. Menurut CNN.com, tingkat pengangguran pemuda menurun biaya hidup meningkat sedangkan rata-rata gaji karyawan stagnan. Akibatnya generasi Milenial berjuang lebih keras dalam menghidupi diri sendiri dan menjadikan menabung menjadi pilihan terakhir mau tidak mau banyak dari mereka harus kembali tinggal bersama orang tuanya.

Ketiga Bocah Milenial “generasi gadget”. Sebutan seperti itu sudah menjadi sebutan yang umum untuk Bocah Milenial-

Setiap harinya tangan si Bocah Milenial tidak terlepas dari gadget canggihnya itu, tidak pandang tempat dan situasi bahkan banyak sekali yang kita lihat ketika lagi meet up bersama teman lama, mereka cenderung mendunduk ke gadgetnya dari pada menghabiskan waktu bercertia mengenang masa-masa dulu bersam teman lamanya, dan karena gadget mereka jarang bersosialisai atau berkomunikasi secara langsung.

Page 4

Young media post


Punya 5 Sifat Ini? Selamat, Anda bisa Jadi Pengusaha Sukses 1.Selalu yakin dalam bertindak Kunci kesuksesan ada dalam pikiran. Jika Anda yakin, maka Anda tidak akan ragu untuk berusaha, untuk bertindak, dan mengambil risiko dalam berbisnis. Keyakinan akan membentuk tindakan Anda. Tindakan yang dilandasi keyakinan akan berbeda dengan tindakan tanpa keyakinan.

gan bisnis Anda. Temukan cara cerdas, efektif dan efisien sehingga masalah dapat diatasi dengan segera. Pengusaha sukses tidak pernah membuat alasan demi bisa keluar dari permasalahan yang dihadapi.

Jika ditelusuri kembali, menjadi sukses itu memang perlu pengorbanan lebih. Dan sedikit mustahil meraihnya secara mudah dan instan. Oleh karenanya jangan lupa untuk mengikuti semua proses yang ada.

3.Mengikuti proses yang ada

Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Untuk 2. Tidak membuat alasan itulah Anda harus senantiasa mengikuti setiap momen dan Selalu ada kendala dalam perjal- proses pembelajaran yang ditemui selama menjalani anan bisnis. Di sinilah Anda ditempa untuk mampu mencari usaha. solusi terbaik demi kelangsun-

Usaha yang digemari kaum muda 1. Fashion

gan/bubuk.

2. Gelato

Era kejayaan outlet fashion anak muda yang biasa dikenal sebagai distro memang sudah agak lewat. Tapi bukan berarti anak muda gak memerhatikan gaya penampilan lagi.

4. Camilan Unik

Akhir-akhir ini banyak kota besar yang dibanjiri gerai yang menawarkan kopi dan gelato. Sekilas gelato memang mirip es krim. Yang bikin beda, kandungan lemak gelato lebih rendah dibandingkan es krim.

Fashion anak muda memang gak pernah basi. Itu berarti peluang bisnis di sektor ini masih bisa digarap.

Siapa sih yang gak hobi ngemil? Kalau ada yang gak suka ngemil kemungkinan sih orang itu lagi diet ketat hehe. Ngemil emang jadi kegiatan yang oke sembari ngopi atau nonton film.

Karena di luar sana sudah tersedia beragam cemilan (sampai bingung Dari data Asosiasi Eksportir pilih yang mana), coba Kopi Indonesia (AEKI), kondeh bikin camilan kreasisumsi kopi orang Indonesia mu sendiri misalnya pastumbuh 36% dalam rentang ta tempe, tahu isi ren2010 – 2014. Bahasa simpel- dang, atau keripik nya, selama 2014 orang Indo- rumput laut. nesia mengonsumsi 260 ribu ton kopi! Wow! 3. Kopi

Hasilnya, peluang di bisnis perkopian ini masih terbuka lebar loh. Peluang di sini bisa bermakna luas. Bisa membuka kafe, jadi reseller kopi, atau malah menjadi rumah produsen kopi gilinSumber : liputan6.com, Wikipedia, Artikel fadhilah korik

Page 5


Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Kamu Tiru 1. Memiliki Target Harian Membuat target harian harus kamu lakukan supaya kamu jadi termotivasi untuk bekerja. Karena dengan memiliki target yang jelas, maka pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk mengatur apa tujuanmu hari ini.

pengaruh teman dalam kesuksesan.

3 lebih banyak membaca dari pada menonton TV Proses pembelajaran yang paling populer adalah 2. Menambah jaringan pertemanan Kebiasaan yang satu dengan membaca, karena ini seringkali dianggap tidak penting dan hanya membu- saat membaca, otak menang waktu saja, namun sebenarnya dengan menambah gulang apa yang kita baca sehingga informasi akan jaringan pertemanan, maka kesempatan untuk meraih lebih mudah diingat. Tidak sukses semakin besar. Kebanyakan orang cenderung heran bahwa mambaca melakukan bisnis dengan orang yang dipercaya. Dengan membangun relasi yang baik dengan orang lain, menjadi salah satu cara untuk menambah wamaka tingkat kepercayaan orang terhadap kamu akan wasanmu. Sebenarnya semakin tinggi, jadi kemungkinan kamu untuk sukses dengan menonton TV, semakin besar. Hal inilah yang dilakukan oleh para kamu juga bisa mempelajari orang sukses. Mereka mau meluangkan waktu mereka sesuatu, tetapi orang untuk menambah dan menjaga relasi baik dengan orang cenderung mencari tontolain karena mereka paham tentang betapa besarnya

nan yang berupa hiburan dan TV sering menayangkan program yang tidak mendidik sehingga menonton TV malah membuang waktumu.

Ide Bisnis Kuliner Ini Cocok Buat Anak Muda; Gampang dan Jutaan Untungnya!

Jualan mi instan dengan cara yang nggak biasa, wah gimana tu ya? yakni membedakan topping dan

rasanya kepada calon pembeli. Usaha upgrade mi e instan ini lagi hits lho belakangan. Misalnya, kamu bisa menjual mi instan yang biasanya ditambah telur dan sawi, ki-

jadikan snack ini sebagai primadona, terlebih di lingkungan sekolah dan kampus. Manjakan selera kuliner generasi 90’an dengan menjual camilan jadul, yuk! Mi lidi, makaroni pedas, telur gulung dan lain sebagainya adalah daftar camilan jadul namun masih banyak diburu hingga kini. Harganya yang murah namun enak rasanya menPage 6

ni upgrade tampilannya dengan menambahkan keju, sosis, kaldu atau bahkan seafood. Sajika n seunik mungkin agar pelangganmu nanti bisa mengabadikannya di sosial media mereka, sehingga kamu mendapat promosi gratis namun menjanjikan! begini biasanya besarnya mudah. Wah, peluang bagus banget nih!

Kabar gembiranya, kamu bisa kok mendapatkan keuntungan besar dari bisnis kuliner jadul ini dengan menjajakannya di kantin sekolah atau kampus, bahkan kafe-kafe yang biasa menjadi tempat nongkrong anak muda. Bisnis yang memanfaatkan hal-hal nostalgia Young media post


Pebisnis RI yang Sukses Merintis Bisnis Sejak Muda 1.Nicholas Kurniawan Pengusaha muda yang satu ini memiliki usaha ekspor ikan hias dan berhasil mengembangkan bisnisnya hingga ke bidang properti. Alasan utama Nicholas memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha adalah, kondisi perekonomian keluarga yang selalu mengalami kesulitan. Dia tergerak untuk melakukan sesuatuhal yang besar dan membantu kedua orang tuanya dengan menjadi tulang punggung keluarga.

Selain itu,dia juga pernah ditipu oleh rekan satu bisnisnya yang membawa kabur uang hasil dari bisnis yang tengah dijalaninya. Nicholas tidak patah semangat dan masih terus menjalani bisnisnya dengan tekad dan keyakinan yang sama kuatnya. Alhasil, dia berhasil menjadi salah satu pengusaha muda Indonesia yang bisnisnya dilirik oleh pasar mancanegara.

Meski telah menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, bukan berarti Nicholas tidak memiliki cerita kegagalan di balik kesuksesannya. Saat masih duduk di bangku sekolah, dia pernah tidak naik kelas dan beberapa bisnis yang dia bangun mengalami kegagalan. 2.Dea Valencia Pengusaha cantik kelahiran tahun 1994 ini sukses menjadi seorang pengusaha setelah akhirnya memutuskan untuk mengikuti passion yang ia miliki. Rasa cintanya kepada batik menginspirasinya untuk mendirikan usaha batik tulis. Usaha ini dimulainya saat dia belum genap berumur 20 tahun. Misi dari bisnis yang dijalaninya adalah mengajak remaja untuk menggunakan batik dan tidak memandang batik sebagai tren fashion yang ketinggalan jaman. Itu kenapa dia mendesain baju batik mengikuti tren masa kini yang digemari oleh para millennial. Tidak hanya menjadi pengusaha muda yang sukses, Dea juga menginspirasi banyak orang karena memberi kesempatan untuk karyawan tunarungu.

Sumber : liputan6.com, Wikipedia, Artikel fadhilah korik

Page 7


PROFILE PENULIS Siapa dia? Dia adalah mahasiswa biasa yang sedang mengenyam bangku kuliah di UIN SUSKA RIAU, lahir pada tanggal 28 maret 1998, di sebuah kampong bernama kampong empang baru, didaerah siak yang belum terkenal akan keberadaanya. Dari kampong halaman gadis bernama FADHILAH KORIK ini sengaja mengumpulkan niat untuk merantau guna menimba ilmu, dan pada akhirnya mahasiswi ini diterima di UIN SUSKA RIAU dengan jurusan ILMUKOMUNIKASI dan menduduki konsentrasi Jurnalistik. Karena kegemarannya menulis walaupun hanya menulis sebuah quotes tetapi semangat menulisnya tetap membara. Selain hobi menulis yang digandrungimahasiswi ini gemar berbicara didepan public, seperti berpidato, ceramah dan berpuisi, tetapi kelemahannya adalah tidak percaya diri akan kebisaannya. Orang yang sangat ramah dan baik hati ini terkadang mengisi waktu kosong kuliahnya dengan mengikuti diskusi-diskusi organisasi ekternalnya yaitu organisasi HMI (himpunan mahasiswa islam). Karena kecintaannya dengan oraganisasi, fadhilah pun sudah lama mengikuri sebuah oraniasi dari SMP hingga Kuliah selalu terisi dengan organisasi. Kecintaanya dengan tulis menulis dan kepandaiannya dalam berbicara didepan umum membuat fadhilah ingin menjadi seorang penulis novel,presenter dan menjadi seorang motivator.

Buletin " young media post" media bisnis anak muda.  

UTS DESIGN GRAFIS. FADHILAH KORIK ATUL.I-V JR A

Buletin " young media post" media bisnis anak muda.  

UTS DESIGN GRAFIS. FADHILAH KORIK ATUL.I-V JR A

Advertisement